a product message image
{' '} {' '}
Limited time offer
SAVE % on your upgrade

Page 1

KKN UNS TEGAL 2020

Desa Blubuk & Desa Slarang Lor, Kecamatan Dukuhwaru, Kab. Tegal

a r a i t u M

DI KOTA BAHARI undercover story


Kata Pengantar Puji syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan Majalah Undercover Story ini dengan baik. Pembuatan Majalah Undercover Story ini adalah untuk memenuhi syarat Tugas Luaran Kuliah Kerja Nyata KKN Universitas Sebelas Maret Periode Januari-Februari . Tujuan dari penyelesaian Majalah Undercover Story ini adalah untuk mempublikasikan kegiatan dan budaya yang terdapat pada tempat dilakasanakannya Kuliah Kerja Nyata KKN yaitu Desa Blubuk dan Desa Slarang Lor Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal sebagai bentuk apresiasi bagi mahasiswa dan dosen pembimbing dalan pelaksanaan kegiatan KKN. Ucapan terimakasih kami sampaikan kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan memberi masukan untuk penyempurnaan Majalah Undercover Story KKN ini. Semoga Majalah Undercover Story ini dapat bermanfaat bagi semua pihak yang terkait, khususnya mahasiswa dan dosen pembimbing KKN.

Surakarta,

Maret

Penyusun


Kilas Blubuk

Slarang Lor

Desa Blubuk merupakan salah satu desa yang terdapat di Kecamatan Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Desa Blubuk ini memiliki luas wilayah , m dengan jumlah penduduk jiwa. Dengan begitu, Desa Blubuk ini bisa dikatakan sebagai salah satu desa dengan penduduk terpadat di Kecamatan Dukuhwaru. Dilihat dari segi administratif, Desa Blubuk ini memiliki RW dan RT. Dalam segi pendidikan, di Desa Blubuk terdapat Sekolah Dasar SD . Jarak antar SD ini tak begitu terpaut jauh jik a ditempuh dengan alat transportasi. Begitu pula dari segi keagamaan, keberadaan tempat ibadah berupa masjid di Desa Blubuk ini cukup banyak dan setiap masjid tersebut dirawat dan digunakan dengan baik oleh warga sekitar, baik untuk kegiatan solat berjamaah, tahlilan, pengajian, yasinan dan lain sebagainya. Walaupun mayoritas warga di Desa Blubuk beragama Islam namun ada beberapa warga yang menganut ajaran agama lain, meskipun begitu mereka tetap mampu hidup berdampingan dengan penuh toleransi. Apabila dilihat dari segi ekonomi, Desa Blubuk merupakan desa yang cukup makmur. Mayoritas

penduduk desa bermata pencaharian sebagai petani dan buruh. Karena memang di Desa Blubuk terdapat area persawahan yang luas dan beberapa pabrik usaha. Akan tetapi ada pula sebagian dari warganya yang hanya bekerja sebagai pedagang keliling, pedagang kaki lima dan ibu rumah tangga. Desa Slarang Lor memiliki luas wilayah , m dengan jumlah total penduduk sebanyak . jiwa yang sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Secara administratif di Desa Slarang Lor terdapat RW. RW Desa Slarang Lor merupakan desa binaan KB karena permasalahan kepadatan penduduk yang tinggi. Selain itu, dilihat pada faktor pendidikan, RW dan anak- anak di Desa Slarang Lor merupakan salah satu desa yang yang memiliki kepadatan penduduk yang tinggi di Indonesia. Dalam segi pendidikan, di Desa Slarang Lor terdapat beberapa sekolah baik itu Sekolah Dasar SD , SMP dan SMA. Berdasarkan segi keagamaan, Desa Slarang Lor memiliki tembat beribadah berupa masjid yang cukup banyak dan selalu terawat, serta ramai oleh warga, baik untuk kegiatan solat berjamaah, tahlilan, pengajian, dan


yasinan. Walaupun sebagian besar warga beragama Islam dan ada beberapa warga yang menganut ajaran agama lain tetapi warga Desa Slarang Lor ini tetap hidup berdampingan dengan penuh toleransi. Dalam hal ekonomi, Desa Slarang Lor merupakan desa yang cukup makmur. Mayoritas penduduk menjadi PNS, pedagang, dan lain-lain.

Rasa kekeluargaan di antara sesama warga pada kedua Desa ini masih sangat kental, bisa dikatakan tergolong baik dan antar sesama warganya akrab. Hal tersebut dapat dilihat pada kegiatan-kegiatan yang diprogramkan di desa dapat terlaksana dengan baik, warganya saling mendukung serta turut berpartisipasi dan meramaikan setiap kegiatan.

Jawa Tengah

Desa Blubuk

Desa Slarang Lor

Kabupaten Tegal

Kecamatan Dukuhwaru


Daftar Isi

Kata Pengantar

Kilas Blubuk Slarang Lor

Daftar Isi


PART : PLACES Guci Waduk Cacaban Pantai Alam Indah Taman Rakyat Slawi Ayu Taman Bungah Gunung Tanjung Bukit Cepu Curug Putri Telaga Air Cempaka Curug Pengantin

PART : CULTURE OTHERS Makna dalam Secangkir The Poci Tradisi Mutih, Tradisi Calon Pengantin Tari Sintren, Tarian yang Penuh Mistis Ora Ngapak, Ora Kepenak Tari Topeng Perkebunan Buah Naga Batik Tegalan

PART : CULINARY Rujak Teplak Kupat Blengong Teh Poci Soto Tauco Olos Tahu Aci Sate Batibul Sate Balibul Es Lontrong Sega Lengko Nasi Ponggol

PART : PROGRAM KERJA Pendidikan Bimbingan Belajar Taman Cerdas TPQ Creativepreneur Kewirausahaan Talk Show Creativepreneur Lingkungan Semangat Peduli Lingkungan UNS Go Green Dari Sampah, Ubah Jadi Produk Kompos Kesehatan Edukasi PHBS


PART : PLACES

GUCI

Guci merupakan sebuah desa yang berada di kabupaten Tegal. Berada di kaki gunung Slamet, desa Guci memiliki lingkungan yang masih asri serta udara yang sejuk dan dingin. Tak pernah sepi pengunjung, desa dengan luas Ha ini menjadi salah satu destinasi wisata populer dari Kabupaten Tegal. Populernya desa Guci sebagai destinasi wisata Kabupaten Tegal karena adanya pemandian air panas. Pemandian air panas yang terletak di atas ketinggian . Mdpl ini merupakan objek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Tidak seperti pemandian air panas di tempat lain, pemandian air panas Guci sama sekali tidak tercium bau belerang. Hal ini membuat suasana mandi di pemandian air panas guci menjadi semakin nyaman. Pemandian air panas ini resmi dibuka sekitar tahun . Di kawasan ini terdapat beberapa wahana pemandian air hangat, diantaranya pancuran lima, pancuran tujuh, pancuran tiga belas, kolam air hangat terbuka, kolam air hangat tertutup, Guciku Hot Waterboom, dan beberapa kolam pemandian lainnya.

Dengan begitu banyaknya pengunjung tidak membuat kita sebagai wisatawan khawatir untuk tidak kebagain tempat untuk berendam. Tempat pemandiannya beragam, harga yang ditawarkan juga bervariasi. Mulai dari yang gratis hingga yang dibandrol tarif puluhan ribu. Semakin murah harga maka tempat yang disediakan juga semakin terbuka dan ramai pengunjung. Semakin tinggi tarif masuk kolam pemandian semakin private tempat itu.


Di sekitar lingkungan pemandian terdapat banyak villa dan rumah warga setempat yang disewakan untuk menginap wisatawan. Di desa wisata guci ini ada ojek dan kuda yang siap mengantarkan pengunjung untuk berkeliling sekitar. Terdapat pula pasar yang menjual berbagai makanan, pakaian, sayuran, dan pernak pernik jajanan lokal.


Wisata Waduk

CACABAN Wisata Waduk Cacaban berada di desa Penujah, kabupaten Tegal. Waduk Cacaban diresmikan oleh Presiden soekarno pada tahun . Waduk ini sebenarnya berfungsi mengairi sawahsawah di sekitarnya, namun seiring berjalannya waktu juga difungsikan sebagai objek wisata.

Harga tiket masuk kawasan wisata air Waduk Cacaban ini sangat murah. Pengunjung dewasa cukup membayar Rp . , sedangkan anak-anak Rp . Namun pada akhir pekan tarifnya naik menjadi dewasa Rp . anak-anak Rp . . Daya tarik utama objek wisata ini adalah pesona perbukitan savana yang mengelilingi waduk. Di areal seluas hektare ini, pengunjung dapat menikmati indahnya bukit savana. Air waduk begitu jernih, berwarna hijau. Namun, pengunjung dilarang berenang di danau karena sangat dalam.


Wisatawan dapat menikmati suasana santai, dengan memancing ikan, jalanjalan di atas bendungan ataupun dapat mengelilingi waduk dengan kapal motor . Pengunjung juga dapat berkeliling danau memakai perahu, menuju ke pulau-pulau dan bukit savana. Ada lima pulau di Waduk Cacaban, yaitu Pulau Gendu, Kenanga, Blabat, Wliwis, dan Karang Jati. Tarif untuk menaiki kapal motor adalah . per orang dengan durasi kurang lebih menit. Ada warung-warung di pinggir waduk dengan menu spesial sajian ikan air tawar. Ada juga tempat bermain untuk anak-anak. Tersedia bumi perkemahan bagi pengunjung yang ingin bermalam.


Pantai

ALAM INDAH Salah satu tempat wisata yang bisa dikunjungi di Kota Tegal adalah Pantai Alam Indah. Pantai yang terletak di sebelah Pelabuhan Tegal itu ramai dikunjungi wisatawan yang mendatangi kota berjuluk Kota Bahari itu. Suasana sore yang panas karena segarnya terik matahari di sana menjadi pilihan para pengunjung untuk berlibur di sana. Meskipun pantainya memiliki pasir hitam, hal itu tak menyurutkan pengunjung untuk mendatangi pantai yang dikelola oleh Pemerintah Kota Tegal ini.

Pantai Alam I ndah memilik i panjang pantai sekitar meter. Kawasan ini terbagi atas area parkir, baik parkir untuk kendaraan roda dua dan roda empat yang cukup luas. Lalu, warung-warung makan pun berjejer, terletak setelah area parkir.


Mereka menjajakan aneka makanan. Selain cemilan manisan, jajanan yang ditawarkan adalah sosis bakar, jagung susu keju, bakso, mie ayam, dan juga kelapa muda. Pada wilayah bibir pantai, juga terdapat ikonik tulisan Pantai Alam Indah yang berukuran memanjang sekitar meter. Banyak w i s a t a w a n memanfaatkan ikonik tersebut untuk berswafoto, dan m e n g u n g g a h ny a d i media sosial. Untuk masuk ke wilayah pantai, pengunjung hanya dikenakan biaya sebanyak Rp . per orang.


Taman Rakyat

SLAWI AYU

Kabupaten Tegal mempunyai lokasi baru untuk sekedar berkumpul kumpul atau untuk menikmati kuliner khas Tegal. Taman Rakyat Slawi Ayu atau biasa disebut TRASA. TRASA yang baru dibuka awal tahun berlokasi tepat di depan Taman Bungah. Lokasi yang sangat strategis karena berada di depan jalan utama yang menghubungkan Tegal Purwokerto maupun sebaliknya. Tujuan pendirian Taman Rakyat Slawi Ayu Trasa di RTH Slawi adalah sebagai tempat interaksi masyarakat Kabupaten Tegal dalam berbagai aktivitas, seperti aktivitas sosial, pentas seni, olah raga dan sebagainya. Trasa ini dibagi menjadi tiga bagian utama atau yang disebut dengan shelter. Pada shelter utara diperuntukkan bagi penjual produk atau oleh oleh khas Tegal. Untuk shelter tengah lebih dikhususkan untuk kegiatan kegiatan masyarakat. Shelter ini terdiri dari stage panggung yang berjenjang dan alasnya menggunakan lantai khusus. jadi cocok digunakan sebagai tempat pertunjukan. Sedangkan shelter bagian selatan berisi PKL Pedagang Kaki Lima yang menjajakan makanan siap saji. Jadi bagi yang ingin mencari pusat kuliner dan oleh oleh khas Tegal, di sinilah tempatnya.

Sumber : https: infotegal.com

taman-rakyat-slawi-ayu-trasa


Taman

BUNGAH Satu lagi Taman Terbuka yang sedang dibangun di tengah-tengah jantung Kota Slawi yang diberi nama Taman Bungah. Taman ini dahulunya adalah terminal transit yang ada di Slawi dan saat ini sudah di sulap untuk menambah kecantikan Kota Tegal serta bermanfaat menyerap polusi udara. Masyarakat biasa memanfaatkannya untuk sekedar bermain, beristirahat bersama keluarga, teman dan lain-lainnya.

Sumber: https: www.myedisi.com radartegal

taman-bungah-telan-rp-

-juta


Gunung

TANJUNG

Gunung Tanjung warga tegal menyebunya, bukit sitanjung merupakan kawasan pebukitan yang memiliki pemandangan yang indah. Tempat wisata yang satu ini menawarkan keindahan alam terletak di Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal, jika dari kota Slawi sekitar km untuk menempuh ke lokasi. tempat ini cocok bagi wisatawan yang gemar berpetualang di alam bebas terutama hiking.

Di samping bisa menikmati panorama alam yang indah juga dapat berwisat akuliner di tempat tersbut, pasalnya ditempat tersebut terdapat sebuah rumah makan yang dilengkapi dengan pemancingan yang menyediakan berbagai macam menu masakan ikan, dan tidak ketinggalan kue khas lebaksiu yaitu martabak baik mar tabak telor dan martabak manis yang terkenal di seluruh Indonesia.

Sumber: https: ihategreenjello.com pesona-keindahan-destinasi-wisata_


BUKIT CEPU

Bukit Cepu merupakan salah satu wisata buk it yang berada di Desa Batumirah Kec. Bumijawa Kab. Tegal, Jawa Tengah. . Memiliki ketinggian sekitar mdpl membuat udara di tempat ini sangat sejuk. Tempat ini sangat cocok jika anda hobi fotograďŹ . Untuk menikmati keindahan puncak bukit ini terlebih dahulu harus memanjat semacam tangga yang sudah disediakan. Memang perlu dilakukan usaha yang tidak bisa dibilang mudah. Namun usaha tersebut juga yang membuat tempat ini lebih terasa sensasinya. Untuk mecapai puncaknya harus mendaki sekitar lebih dari anak tangga. Untuk mendakinya berfariasi tergantung kemampuan masing-masing orang mulai dari hingga menit.

Untuk Anda yang perlu ketenangan, tempat ini begitu pas. Terutama untuk yang hoby fotograďŹ , begitu recommended Tetapi butuh diingat ya, lantaran tempat in imasih asri jadi belum ada sarana umum seperti kamar mandi. Lantaran kamar mandi yang ada, pintunya senantiasa terkunci. Saat kendaraan diparkir dibawah, ada sejenis kotak sumbangan dari warga, dapat di isi dengan cara ikhlas. Kalkulasi kalkulasi untuk cost parkir. Lantaran tempat ini masih begitu asri, sebagai pengunjung disana mesti melindungi kebersihan. Tak buang sampah asalasalan, terutama mengakibatkan kerusakan pohon-pohon yang ada.

Sumber: https: jalanwisata.id keindahan-wisata-bukit-cepu-di-bumijawa-batumirah-tegal


Curug

PUTRI

Wisata alam Curug Putri yang berlok asi di kecamatan Bumijawa, K a b u p a t e n Te g a l , J a w a t e n g a h merupakan salah satu objek wisata yang berada di desa Benda. Selain pesona alamnya yang menawan dan menarik untuk dikunjungi, penduduk lokal daerah Bumijawa juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Curug Putri memiliki ketinggian sekitar meter yang memisahkan desa Dukuhbenda, kecamatan Bumijawa, kabupaten Tegal dengan desa Padanama kecamatan Sirampog, kabupaten Brebesangkutan pedesaan jurusan bumijawa.


Sebelumnya curug putri memiliki dua pancuran air terjun dan sering disebut sebagai curug kembar. Namun seiring berjalannya waktu debit air semakin kecil dan mengering sehingga tinggal tersisa satu air terjun saja. Curug putri terletak ditengah tebing batu yang membentuk sebuah ukiran alami. Wisata ini sangat cocok dikunjungi para pecinta alam atau yang memiliki hobi traveling, karena untuk menuju curug putri membutuhkan tenaga yang ekstra dan juga kesabaran.

Objek wisata curug putri dilengkapi dengan fasilitas untuk menjaga kenyamanan dan keamanan pengunjung. Fasilitas yang disediakan antara lain: Area parkir, kamar mandi, penginapan at a u te m p at i s t i ra h at b e s e r t a perlengkapannya.

Transportasi untuk berkunjung ke curug putri bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Rute menuju curug putr i menggunak an kendaraan umum seperti bus, pengunjung bisa berhenti di terminal bus kota kemudian naik angkutan pedesaan jurusan bumijawa.

Sumber: https: www.ragamtempatwisata.com obyek-wisata-alam-curug-putri-brebes-tegal.html https: ihategreenjello.com pesona-keindahan-destinasi-wisata-curug_


Telaga Air

CEMPAKA

Telaga Air Cempaka, destinasi wisata alam salah satu pesona kabupaten Tegal yang berlokasi di desa Cempaka, kecamatan Bumijawa. Tempat wisata berupa sumber air yang masih alami ini sangat terjaga keasrian dan kesejukannya sehingga memiliki daya tarik tersendiri bagi warga lokal dan wisatawan untuk berkunjung. Telaga seluas kurang lebih m dan kedalaman sekitar meter, selain digunakan sebagai tempat wisata, juga digunakan sebagai sumber pengarian sawah disekitar telaga.


Ada cerita dibalik nama telaga ini, nama Cempaka konon berasal dari seorang wali bernama Mbah Suluk yang turut membangun desa tersebut. Mbah Suluk yang berasal dari Cirebon ini nggak hanya menyebarkan Islam, tapi juga membangun mata air yang dibutuhkan penduduk. Karena kontribusinya itu, penduduk kemudian sepakat memilih nama desa mereka dari bunga yang ditanam Mbak Suluk, yakni bunga Cempaka.

Pemerintah desa menjadikan tempat ini sebagai objek wisata dan memberikan fasilitas berupa bangku-bangku kecil yang diletakkan di pinggiran danau. Dengan suasana yang sejuk dan indah pengunjung dapat duduk-duduk menikmati keindahan pemandangan telaga dan hijaunya persawahan sambil bercengkrama dengan teman ataupun keluarga. Air telaga masih terlihat jernih dan ka rena lokasi telaga berada di dataran tinggi membuat air telaga berasa dingin., tidak sedikit wisatawan merasa nyaman dan ingin berlama-lama berada di telaga air ini. Sumber: https: www.inibaru.id adventurial menikmati-sejuknya-telaga-air-cempaka-di-tegal


Curug

PENGANTIN Kabupaten Tegal selain dikenal sebagai kota industry juga terkenal dengan keindahan alam yang luar biasa, salah satunya yaitu curug pengantin. Sebuah wisata alam yang terletak di desa Bandasari, kecamatan Bumijawa, kabupaten Tegal. Curug ini memiliki dua pancuran air yang saling bersebelahan layaknya sepasang pengantin. Meskipun bersebelahan kedua curug tersebut memiliki karakteristik yang berbeda, curug sebelah kanan memiliki debit aliran air yang lebih lambat dibandingkan dengan curug sebelah kiri. Namun secara umum keduanya memiliki aliran air yang deras, sehingga pengunjung tidak diperboolehk an untuk mandi dibawahnya. Perjalanan ke curug pengantin sangatlah menyenangkan. Pengunjung akan melewati jalanan setapak dengan panorama yang sangat mempesona. Perbukitan nan segar dengan hamparan terasering padi yang bertingka-tingkat, diselingi dengan nyiur yang melambailambai membuat rasa lelah akan terobati. Tiba di Curug Pengantin disuguhi dua buah curug berjejer, berdampingan bersembunyi dibalik perbukitan. Sebagai muaranya terdapat kolam air yang cukup lebar dan tidak terlalu dalam. Meskipun tidak bisa mandi dan bermain air dibawah curug, sensasi dinginnya air terjun tetap dapat dirasakan. Atau sebagai gantinya bisa dengan mengambil foto, bermain air dikolam muara sambil menyimak riunya suara air terjun.


Dinamakan curug pengantin selain k arena letak nya yang berdampingan ternyata ada mitos yang beredar dan dipercayai oleh masyarakat sekitar. Konon ceritanya curug pengantin dahulu bernama curug sewu, kemudian namanya diganti dengan nama sekarang karena adanya peristiwa tragis yang terjadi disana. Konon ceritanya ada sepasang pengantin baru yang sedang berlayar disebuah sungai yang muaranya adalah air terjun ini. Ditengah perjalanan tanpa mereka sadari perahu yang ditumpangi oleng terseret arus sungai dan menenggelamkan pasangan pengantin tersebut. Ti d a k a d a y a n g b i s a m e n j a m i n kebenaran cerita tersebut, mengingat kejadian itu sudah lama terjadi, diceritakan oleh masyarakat sekitar secara lisan dan turun-temurun. Namun, sebagai pengunjung tetap wajib mematuhi aturan yang berlaku untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Sikap santun dalam berkunjung harus tetap terjaga. Membuang sampah pada tempatnya dan tidak merusak fasilitas umum.

Sumber: https: www.maszaladventure.com keindahan-panorama-curug-pengantin.html https: backpackerjakarta.com curug-penganten-pengantin-tegal https: m.facebook.com boemi.djawa posts


PART : CULINARY

RUJAK TEPLAK

Sumber: cekaja.com

Satu hal yang membedakannya adalah jenis bumbu atau sambalnya. Hampir semua bumbu rujak, sambalnya terbuat dari kacang sebagai bahan yang dominan. Berbeda dengan rujak teplak khas Tegal yang bumbu sambal utamanya berbahan dasar singkong rebus. Ya, singkong atau ubi jalar yang telah direbus hingga empuk kemudian ditumbuk dihaluskan dengan bumbu berupa cabe merah, gula merah, garam, terasi, bawang putih , asam jawa hingga tercampur rata. Untuk menjaga daya tahan bumbu singkong sengaja tidak ditambahkan air.

Sumber: silausurya.com

Madiun punya pecel. Jogja punya lotek, Sunda punya karedok. Tegal sebagai kawasan pesisir utara Jawa tengah juga punya menu serupa tapi tak sama yang disebut dengan rujak teplak. Rujak ini tergolong rujak sayur dengan berbagai jenis sayur rebus yang sehat dan nikmat. Apalagi bagi kalangan pecinta vegetarian.


Untuk melengkapi kenikmatan rujak teplak, penjual biasanya menyediakan sambal bumbu kelapa berwarna putih, dan bumbu sambal pedas berwarna merah yang dibuat dari cabe murni. Dahulu rujak teplak menjadi jajanan segala usia. Anakanak usia hingga tahun tak sungkan menyantap rujak teplak dengan pilihan bumbu sambal kelapa. Kelapa parut yang dimasak bersama bumbu ketumbar dengan tambahan air dan sedikit tepung kanji ini berbentuk seperti bubur cair yang diguyurkan diatas aneka sayuran yang dipilih.

Sumber: inibaru.id

Ragam sayuran dalam rujak teplak sangat bervariasi dari mulai kangkung, daun singkong, kacang panjang, lengguk daun ketela ubi jalar , Kol, tauge, Pare, Kecipir, hingga jantung pisang. Sesekali ada juga yang menyajikan Losdro daun talas rebus, di Surabaya mirip dengan bahan rujak semanggi , kembang turi, atau pedoyo mentimun reus . Pembeli bisa bebas memilih jenis sayuran mana yang disuka atau campur semua untuk sensasi rasa sempurna. Seporsi rujak teplak dijual dengan harga terjangkau. Masa kecil dulu rujak teplak bisa dibeli cukup dengan harga ratusan perak saja. Seiring berjalannya waktu harga rujak teplak tentu tentu tak semurah dulu.


Sumber: picbear.org

KUPAT

BLENGONG Aroma kaldu hasil rebusan daging blengong meruap dari sepiring kupat bercampur kuah nan kental. Ketika mulai disantap, rasa gurih dan kenyal daging blengong langsung terasa. Dan gurihnya kupat atau ketupat tersebut makin terasa oleh taburan kerupuk dan bawang goreng. Makanan khas Tegal, Jawa Tengah, itu biasa dinikmati mulai senja hingga malam. Salah satu pusat pedagang kupat blengong terletak di gerbang masuk Perumahan Baruna Asri dan Jalan Hang Tuah. Di dua tempat itu, terdapat puluhan penjual kupat blengong, yang umumnya berupa warung lesehan.

Boleh dibilang kupat blengong yang mereka jajakan bukanlah makanan biasa. Selain ketupat, bahan utama makanan itu adalah daging blengong, daging unggas hasil kawin silang antara bebek dan entok. Yang menjadikan makanan itu juga bukan makanan biasa adalah bumbunya yang kaya rempah-rempah, antara lain kayu manis, jahe, kunyit, laos, lada, kencur, kemiri, dan daun salam.


Sumber: tfamanasek.com

Soal harga Kupat blengong bisa dik atak an relatif murah. Sepiring kupat kuah blengong dijual Rp . . Adapun daging dan sate blengong masing-masing Rp . dan Rp . . Penggemar kupat blengong menyatakan cita rasa makanan ini memiliki keunikan sendiri.

Sumber: travel.kompas.com

Blengong merupakan sebutan hewan jantan hasil kawin silang bebek dengan entok. Adapun dalam penyajiannya, daging blengong sengaja dipisah dengan kupat yang sudah bercampur santan dan bumbu rempahrempah. Dan jeroannya disajikan dalam bentuk sate. Jadi penikmat kupat bisa memilih antara sate jeroan blengong dan dagingnya yang telah digoreng.


TEH POCI Menawarkan teh bisa berarti permintaan maaf di Tiongkok. Bisa pula untuk merekatkan hubungan keluarga, tanda terima k asih, atau bentuk penghormatan, Namun, di Tegal, ngeteh adalah cara mereka untuk mengentalkan pertemanan. Yap, sudah menjadi kebiasaan warga Tegal untuk nongkrong bersama jakwir cetem, istilah untuk teman dekat, dengan menyeruput teh. Yang unik, teh tersebut

diseduh di dalam poci kecil dari tanah liat. Gelas yang dipakai pun setali tiga uang. Tradisi ini biasa mereka sebut moci alias minum teh dalam poci. Di kota yang juga terkenal dengan makanan tahu aci ini, kegiatan moci biasa dilakukan pada waktu sarapan atau sore hari menjelang Magrib. Moci juga eksis pada acara hajatan atau acara besar di sana. Orang Tegal umumnya lebih suka cita rasa teh

Sumber: myzozieman.blogspot.com


Sumber: marunibuahtangan.blogspot.com

Sumber: jogja.pphotels.com

yang wasgitel , yakni wangi, panas, legi manis , dan kentel kental . Teh Tegal terasa istimewa karena diseduh dengan air panas dalam poci gerabah. Aroma wangi teh panas yang bercampur dengan tanah inilah yang menimbulkan aroma baru yang menggugah selera. Teh ini kian istimewa lantaran dalam penyajiannya menggunakan gula batu sebagai pemanis. Potongan gula batu yang diletakkan di gelas gerabah itu juga bukan tanpa alasan. Masyarakat Tegal

percaya, ngeteh dengan gula batu ini seperti hidup. Awalnya, teh akan terasa sepet dan sedikit pahit, lantaran gula belum mencair. Namun, setelah hampir habis, teh baru terasa manis karena gula sudah cahir sempurna. Itulah hidup yang harus berjuang untuk meraih sukses. Begitulah ar ti moci bagi masyarakat Tegal. Bukan sekadar menenggak secangkir teh, mereka yang melestarikan moci juga berarti menghargai budaya sekaligus kekerabatan antarsesama.


SOTO

TAUCO

KHAS TEGAL

Berkunjung ke Kota Tegal, Jawa Tengah, belum lengkap tanpa mencicipi aneka kuliner khasnya. Ada satai, kupat glabed, kupat blengong, kupat bongkok, tahu aci, teh poci, soto, dan kuliner lainnya. Jika ingin soto, wajib mencoba soto tauco. Soto enak ini hanya ada di Tegal. Soto tauco terdiri atas nasi, taoge, daun bawang, bawang goreng, dan daging. Daging yang digunakan berupa daging ayam, sapi atau jeroan babad . Seluruh bahan tersebut dicampur jadi satu dalam sebuah mangkuk, setelah itu disiram dengan kuah kaldu yang masih panas. Baru kemudian ditambahkan tauco yang menjadikan kuliner yang satu ini bertambah gurih.


Aroma tauco yang khas, serta kuah santan yang kental menambah rasa gurih dan selera untuk disantap. Di sekitar Alun-Alun Kota Tegal, kuliner yang satu ini mudah ditemukan. Salah satunya, Warung Makan Moro Tresno H Caup Gendut yang terletak di utara Masjid Agung Kota Tegal, tepatnya di belakang Pos Polisi Utara Alun-Alun Kota Tegal. Lokasinya di sudut Pasar Senggol yang merupakan kompleks kuliner.

Namun, ada sambal tauco yang menjadikan soto khas Tegal ini berbeda dengan soto lainnya. Tauco yang digunakan berasal dari kedelai, gula merah, dan garam lalu difermentasi. Tauco tersebut dibubuhi aneka macam bumbu, sehingga rasanya begitu menggoda. Biasanya semangkuk soto tauco dibanderol seharga Rp . . Rasa kuah tauconya benar benar khas, kuahnya juga kental. Harganya juga cukup murah.


OLOS

PRIMADONA JAJANAN TEGAL Olos, Si Bulat yang Pedas dari Tegal Olos.. apa yang terpikir di otak dan benak anda ketik a mendengar kataolos.. suatu kota kah transportasi modern Mainan Olos adalah jajanan berupa gorengan berbentuk bulat khas Tegal yang dibuat dari tepung kanji yang dicampur tepung terigu serta di dalamnya berisi sayuran kol. Tetapi sekarang banyak inovasi baru isi olos yang dikembangkan oleh para pedagang olos, ada isi sosis, ayam, keju dan lain-lain. Yang khas dari olos itu sendiri adalah adanya rasa pedas yang cetar membahana sorry agak lebay karena selain berisi sayur kol, olos juga disertakan cabe rawit. Itulah yang membuat para oloser sebutan untuk penikmat olos berkeringat dan merasa kepedesan, walaupun demikian olos tetap dicari oleh penikmat olos maupun pecinta pedas. Para penjual juga biasanya menambahkan aneka bumbu rasa, seperti balado, BBQ, pedas, asin, dan jagung manis.


Untuk pecinta pedas makanan ini bisa menjadi camilan favorit, tetapi sayangnya untuk daerah luar Tegal dan sekitarnya makanan ini masih sulit untuk dicari. Adapun bahan-bahan olos diantaranya yaitu Tepung terigu, Tepung kanji, Cabe rawit sesuai selera, Air secukupnya, Minyak goreng secukupnya, Garam dan bumbu. Untuk isi olos kita sesuaikan dengan selera. Jajanan yang satu ini banyak diburu untuk cemilan sehari-hari.Kebanyakan dari mereka merupakan anak-anak muda. Selain harganya pas di kantong yaitu Rp sampai Rp per butir, olos juga memiliki rasa yang khas, yaitu rasa pedas dari irisan cabai yang ada di dalamnya. Di Kota Tegal sendiri, penjual olos sangat mudah Anda temui. Olos biasanya dijual dengan menggunakan gerobak.


TAHU ACI CAMILAN ANDALAN

Seperti namanya, makanan ini terdiri atas tahu dan aci. Tahu yang digunakan biasanya adalah tahu kuning yang berbentuk persegi. Kemudian tahu itu akan dibelah dua sehingga berbentuk segitiga. Bagian dalam belahan tahu lalu akan ditutup dengan adonan aci. Gurih tidaknya tahu aci bergantung pada komposisi bumbu kuning pada adonan aci yang terdiri atas kunyit dan bahan lain ditambah irisan daun kucai. Tahu kuning yang sudah dibubuhi aci lalu digoreng di dalam minyak panas sampai berwarna kuning keemasan. Tahu aci yang siap makan rasanya gurih dan kenyal. Makan tahu aci semakin lengkap kalau ditambah cabai rawit hijau.


Sepintas, tahu aci dan tahu pletok terlihat sama. Hal yang membedakan cuma dari unsur tahunya. Tahu aci menggunakan tahu kuning, sedangkan tahu pletok biasanya menggunakan tahu kulit. Tahu tersebut kemudian dipotong tengahnya namun nggak sampai terbelah ya. Lalu, tahu yang sudah dipotong tengahnya tadi diolesi adonan aci dan digoreng sampai garing dan renyah. Saat dimakan, tahu aci bakal terasa kenyal, sedangkan tahu pletok bakal terasa kriuk di mulut. Tahu Tegal ini bisa digunakan untuk oleh-oleh kalau kita mengunjungi kota Tegal. Tahu aci, makanan ringan khas Tegal dan Slawi pastilah sudah banyak yang kenal. Penjaja camilan ini pun mudah dijumpai misalnya di pinggirpinggir jalan dan di acara pasar malam. Para penjual biasanya membawa gerobak berikut kompor dan penggorengan besar untuk menggoreng tahu aci.


Sate merupakan makanan yang sudah tidak asing lagi bagi pecinta kuliner khas Indonesia. Dan masingmasing sate pastilah mempunyai ciri khas dalam penyajian dan rasanya. Contoh dua diantaranya yaitu sate Batibul dan sate Balibul, yaitu jenis sate kambing yang masih berusia bulan dan bulan atau sate kambing muda. Batibul sendiri merupakan singkatan dari Bayi Tiga Bulan sedangkan Balibul sendiri merupakan singkatan dari Bayi

Lima Bulan, jadi bahan sate yang digunakan adalah daging kambing yang baru berusia tiga bulan dan lima bulan, sehingga daging nya masih empuk. Sekilas Sate Kambing khas Tegal ini terlihat seperti masih agak mentah alias belum terpanggang dengan baik karena warnanya pucat dan cokelat tua kehitaman seperti sate pada umumnya. Jadi sate ini lebih sehat karena tidak tertempel karbon, melainkan hanya diasap asap sampai matang.


Sate yang disajikan memang berbeda dengan sate-sate yang biasa kita jumpai, potongan daging yang lebih besar serta tanpa ada lemak. Sate pun dibakar tanpa menggunakan bumbu seperti sate kebanyakan. Sate di hidangkan dengan bumbu kecap dan irisan cabe, bawang dan tomat muda. Ditambah dengan semangkuk sop kambing menambah kenikmatan makan siang kita. Pada umumnya sate tersebut disajikan dengan bawang merah, kecap, dan sambal. Sambal kecapnya pun tidak dicampur dengan satenya melainkan terpisah. Kecap diletakkan di piring kecil dengan tambahan sambal terasi, sementara di piring kecil lainnya tersedia irisan bawang merah dan tomat yang dapat dicampurkan ke sambal kecap sesuai dengan selera. Ternyata setelah sate dicocol dengan campuran kecap dan sambal terasi, sate yang tadinya polos dan pucat menjadi terlihat begitu menggiurkan dengan baluran kecap yang hitam saat digit dagingnya ternyata sangat empuk dan lembut. Sama sekali tak terasa mentah seperti kelihatannya.


ES LONTRONG Bagi Anda yang pernah ke Slawi, pasti penduduk setempat bercerita kalau ada pedagang es lontrong asli Slawi. Percaya deh, minuman segar ini mampu melepask an dahaga ketik a tenggorokan kering sekali. Es lontrong Slawi cuma ada di satu tempat saja, karena di kota lain Anda belum tentu dapat menikmati minuman dingin serupa. Segelas es lontrong berisi cincau hitam dan kacang hijau. Lalu, di atasnya diberikan es serut hingga gelas penuh. Sebelum disajikan, sebagai pemanisnya minuman ini disiram air santan asli dan sirup pandan berwarna merah menggoda. Saat dinikmati, pasti rasanya dingin dan manis di mulut. Hmm... Enak


Bukan tanpa alasan minuman ini dinamakan es lontrong. Ternyata ada satu pedagang es asli Slawi yang menjualnya di lorong gang kecil bernama Gang Lontrong, tepat lokasinya berada di Kampung Budimulya.Tempat minum es ini sangat legendaris dan dicari-cari banyak orang. Pasti saat bertandang ke jantung kota Tegal itu, pendatang tak pernah lupa mampir ke warung itu. Kalau kebetulan Anda kangen ini minum es itu, bisa juga kok membuatnya di rumah. Bahan yang dibutuhkan sangat sederhana dan mungkin tak kalah nikmat jika diminum.


SEGA LENGKO

Sega lengko nasi lengko adalah makanan khas masyarakat pantai utara Tegal dan sekitarnya . Makanan khas yang sederhana ini sarat akan protein dan karbohidrat serta rendah kalori karena bahan-bahan yang digunakan adalah non-hewani. Bahan-bahannya antara lain: nasi putih panas-panas lebih baik , tempe goreng, tahu goreng, mentimun mentah segar, dicacah , tauge direbus , daun kucai dipotong kecil-kecil , bawang goreng, bumbu kacang seperti bumbu rujak, pedas atau tidak, tergantung selera , dan kecap manis. Dan, umumnya kecap manis yang dipergunakan adalah kecap manis encer, bukan yang kental. Disiramkan ke atas semua bahan.


Tempe dan tahu goreng dipotong-potong kecil dan diletakkan di atas sepiring nasi. Mentimun dicacah, lalu ditaburi pula di atasnya, juga toge rebus, serta disiram bumbu kacang di atasnya, dan potongan daun kucai, lalu diberi kecap secukupnya sampai kecoklatan, dan di taburi bawang goreng. Dan sekeping kerupuk aci yang putih, yang bundar atau kotak, menjadi kondimennya. Sebagian orang suka melumuri kerupuknya dengan kecap, sebelum mulai dimakan. Beberapa orang suka meminta nasi lengkonya diberi seujung sutil atau dua minyak yang dipakai untuk menggoreng tempe dan tahu.


NASI PONGGOL Bagi penikmat ponggol, belum lengkap rasanya jika belum merasakan nikmatnya ponggol berbungkus daun godhong jati. Biasanya selama ini menggunakan daun pisang kan, yang lebih ekonomis lagi pakai kertas minyak. Nah,yang ini spesial banget pakai daun jati. Pasti rasanya lebih gurih dengan aroma daun jati yang terkena nasi panas. Warung Makan Sederhana milik bapak Slamet Bawon di Balapulang yang menyediakan menu spesial ini. Lokasinya di jalan alternatir Balapulang Jatibarang. Jadi yang biasa motong jalan ke arah Brebes pasti sering lewat daerah ini.

Sesuai dengan namanya, warung makan ini sederhana. Menyediakan menu nasi dan aneka gorengan. Harganya dibandrol k ponggol dengan lauk sambel goreng pedas. Harga k untuk ponggol + gorengan. Buka setiap hari kecuali Jum at kliwon dari jam : : atau sampai habis.Daun jati yang digunakan adalah daun jati yang masih muda, jika menggunakan yang sudah tua, niscaya warna nasi menjadi merah. Ingat ponggol ini jadi ingat hajatan pernikahan yang dulu masih berbungkus daun jati.


Masalah rasa jangan ditanya lagi, kata orang Tegal Sedep epor, sung . Apalagi kalau masih hangat. Wajib dicoba kalau lewat Balapulang. Sudah terkenal sampai ke mana-mana.


PART : CULTURE

OTHERS

MAKNA DALAM

SECANGKIR

TEH POCI

Sumber : muda.kompas.id

Apabila kita memasuki Kota Tegal pasti akan terlihat tugu dengan poci dari gerabah dan beberapa cangkir di sekelilingnya. Dan hampir semua spanduk papan nama warung mak an dan toko, ada tulisan teh poci dari sejumlah merek teh yang ada di Tegal.

M i n u m te h b u k a n hanya menjadi kebiasaan oran Tegal, tetapi sudah menjadi tradisi bagi masyarakat tegal. Kendati terletak di dataran rendah yang tidak memiliki perkebunan teh, namun kebiasaan minum teh penduduk tegal sangat kental di banding kota-kota lain di pesisir utara Jawa Tengah.

Tradisi minum teh ini disebut dengan tradisi moci , yaitu sebuah tradisi minum teh dalam tempat air bercerat terbuat dari tembikar atau tanah liat. Moci sebenarnya berasal dari kata poci , karena the biasanya disajikan dalam poci.


Dilihat dari sejarahnya, tradisi m i n u m t h e p o c i d i Te g a l s u d a h berlangsung sejak ratusan tahun yang lalu. Jauh sebelum teh datang ke Indonesia pada abad ke- , Tegal sudah memiliki budaya minum teh yang berakar dari Cina. Teh yang dikonsumsi di Tegal didatangkan langsung dari Cina. Pada masa itu, daerah pantai utara Jawa Tengah, termasuk tegal, ,merupakan jalur perdagangan yang ramai karena Tegal memiliki pelabuhan besar.

Catatan lain disebutkan juga, bahwa tradisi minum teh poci muncul di tengah era peningkatan produksi gula dengan dibangunnya sejumlah pabrik gula di Brebes, Tegal, Pemalang, dan Pekalongan pada tahun . Dan juga hadirnya pabrik-pabrik teh di Tegal sejak tahun -an yang telah menciptakan suatu tradisi masyarakat untuk gemar minum teh.

Sumber : Kompas Yuniadhi Agung

Sumber : Bobo-grid.id

Teh khas Tegal dikenal dengan rasanya yang wasgitel, yaitu wangi, panas, sepet, legi manis , lan kenthel. Teh Tegal terasa istimewa karena diseduh dengan air panas dalam poci gerabah. Aroma wangi melati dan aroma yang bercampur tanah liat ini yang menimbulkan aroma baru yang membangkitkan selera. Dan lebih istimewa lagi jika penyajiannya menggunakan gula batu.

Uniknya, dalam menikmati secangkir teh poci, gula batu tidak boleh diaduk. Karena masyarakat Tegal percaya, ngeteh dengan gula batu ini seperti hidup. Awalnya teh ini akan terasa sepat dan pahit, lantaran gula yang belum mencair, Namun setelah hamper habis, teh baru akan terasa manis karena gula sudah mencair sempurna. Sama seperti saat menjalani hidup. Memang pada awalnya terasa pahit, tapi jika ingin bersabar maka akan terasa manis pada akhirnya.


TRADISI MUTIH

Sumber : pinterest.com Maheswara Wedding Planner

TRADISI CALON PENGANTIN Masyarak at tegal juga mempunyai tradisi. Salah satunya tradisi mutih. Tradisi ini dilaksanakan pada saat akan melangsungkan pernikahan, tetapi yang melakukan tradisi ini hanya calon pengantin wa n i t a nya s a j a , c a l o n pengantin pria tidak melakukan tradisi ini. Tradisi mutih dilaksanakan sampai tiga hari, Calon pengantin wanita tidak di perbolehkan makan dengan lauk yang enak, mereka hanya di perbolehkan makan dengan nasi putih dan tahu yg tidak di goreng saja. bukan hanya mutih saja yang dilakuk an tetapi calon pengantin tidak boleh di pertemukan satu sama lain, mereka di p e r b o l e h k a n berkomunikasi dengan menggunak an hp saja tidak boleh berkomunikasi secara langsung.


Sumber : thediffrestaurant.com

Mereka dapat bertemu kembali setelah ijab qobul dilaksanakan. Tujuan mutih oleh calon pengantin wanita supaya bila di rias menjadi cantik jelita atau orangorang jawa menyebutnya dengan manglingi dan supaya calon pengantin laki-laki menjadi terpesona setelah melihat wajah calon pengantin wanita.Dan juga mengistirahatkan organ-organ pencernaan dan juga mengistirahatkan perasaan, pikiran serta emosi. Hal ini pasti penting untuk pemaes karena apabila perasaan pemaes stabil, senang, otomatis menular ke calon pengantin. Selain itu, puasa mutih juga dipercaya bisa menghilangkan marabahaya, agar acara pernikahan nanti bisa berjalan lancar sesuai rencana. Buat calon pengantin sendiri, manfaat dari puasa mutih juga dipercaya bisa membuat riasan pengantin terlihat lebih cerah dan bersinar dari biasanya.


TARI SINTREN

TARIAN YANG PENUH MISTIS

Sumber : infotegal.com Khaerul Ikhwan

Di daerah pesisir Utara Jawa, terkenal dengan yang namanya Tari Sintren. Bagi yang belum tahu, Tari Sintren merupakan kesenian tari tradisional masyarakat Jawa, khususnya di Cirebon, Jawa Barat. Beberapa kota lain juga tidak asing dengan tari ini, seperti Indramayu, C i re b o n , M a j a l e n g k a , Jatibarang, Brebes, Pe m a l a n g, Te g a l , Banyumas, Kuningan, dan Pekalongan.

Menurut kepercayaan w a rg a , Ta r i S i n t re n merupakan kisah cinta antara Raden Sulandono, putera dari pasangan Bupati Kendal Ki Bahurekso dan Dewi Rantamsari atau yang dikenal sebagai Dewi Lanjar, dan Puteri Sulasih yang berasal dari Desa Kalisalak. Hubungan keduanya tidak mendapatkan restu dari Ki Bahurekso. Akhirnya Sulasih mengabdikan dirinya sebagai penari sedangkan Raden Sulandono pergi bertapa.

Tidak tega jika hubungan anaknya tidak direstui, roh dari Dewi Lanjar lalu merasuki Putri Sulasih dan memanggil Raden Sulandono melalui alam gaib. Pertemuan kedua insan ini diyakini masih terjadi hingga saat ini. Sejak saat itu, warga kerap melakukan Tari Sintren dalam setiap acaraacara di daerah mereka.


Sumber : pesona.travel

Satu hal unik yang ditemui ketika melihat pertunjukan Tari Sintren adalah si penari utamanya selalu menggunakan kacamata hitam dan terlebih dahulu dimasukkan ke dalam sebuah kurungan ayam dengan posisi sekujur tubuh terikat tambang. Ketika masuk ke dalam kurungan, si penari ini pun masih belum mengenakan pakaian untuk menari dan belum bersolek.

Sebelum menari, ritual pertama yang dilakukan adalah Dupan, yaitu membaca doa agar terlindung dari marabahaya. Seorang pawang yang menyiapkan gadis sebagai penari disebut Paripurna. Empat pemain pendamping lainnya merupakan b a gi a n t u g a s d a r i s e o ra n g D aya n g. Sedangkan untuk musik yang dimainkan tidak hanya berasal dari gending, melainkan alat musik yang berbahan gambyung atau tembikar serta kipas dari bambu sehingga dapat menimbulkan musik yang khas.


ORA NGAPAK ORA KEPENAK Bahasa Banyumasan atau sering disebut Bahasa Ngapak oleh masyarakat di luar Banyumas adalah kelompok bahasa yang dipergunakan d i w i l a y a h b a r a t J a w a Te n g a h , Indonesia. Beberapa kosakata dan dialeknya juga dipergunakan di Banten utara serta daerah CirebonIndramayu. Bahasa Banyumasan terkenal dengan cara bicaranya yang khas. Dialek ini disebut Banyumasan karena dipakai oleh masyarakat yang tinggal di wilayah Banyumasan. Seorang ahli bahasa Belanda, E.M. Uhlenbeck, mengelompokan dialek-dialek yang dipergunakan di wilayah barat dari Jawa Tengah sebagai kelompok rumpun bahasa Jawa bagian barat Banyumasan, Tegalan, Cirebonan dan Banten Utara . Kelompok lainnya adalah bahasa Jawa bagian Tengah Surakarta, Yogyakarta, Semarang dll dan kelompok bahasa Jawa bagian Timur. Kelompok bahasa Jawa bagian barat harap dibedakan dengan Jawa Barat Bahasa Sunda inilah yang sering disebut bahasa Banyumasan.

Dibandingkan dengan bahasa Jawa dialek Yogyakarta dan Surakarta, dialek Banyumasan banyak sekali bedanya. Perbedaan yang utama yakni akhiran a tetap diucapkan a bukan o. Jadi jika di Solo orang makan sego nasi , di wilayah Banyumasan orang makan sega. Selain itu, kata-kata yang berakhiran huruf mati dibaca penuh, misalnya kata enak oleh dialek lain bunyinya ena, sedangkan dalam dialek Banyumasan dibaca enak dengan suara huruf k yang jelas, itulah sebabnya bahasa Banyumasan oleh masyarakat di luar Banyumas disebut sebagai bahasa Ngapak atau Ngapakngapak. Perbedaan selanjutnya ada pada intonasi atau cara mengucapkan. Dalam Bahasa Banyumasan konsonan g, k, d, dan b diucapkan keras dan jelas, sementara di Solo atau Yogyakarta tidak. Misal, akhiran kreteg di Banyumasan tetap menjadi g, sementara di Solo menjadi k kretek . Atau akhiran k di k at a b a p a k te rd e n g a r j e l a s d i Banyumasan, sementara di Yogyakarta hampir tak terdengar. Demikian juga jagad yang menjadi jagat atau lembab berubah ke lembap .


kiye nyong apa anane


TARI TOPENG Beragam budaya yang dimiliki oleh Indonesia, salah satunya yaitu seni tari. Tak mau kalah melestarikan budaya, Tegal memiliki tarian khas yaitu Tari Topeng. Dibalik tarian khas tersebut, Tegal memiliki maestro Tari Topeng yaitu ibu Suwitri, seorang ibu ya n g l a h i r p a d a t a h u n . Beliau senantiasa menjaga dan merawat Tari Topeng dari semasa muda hingga sekarang. Pada tahun ibu Suwitri dianugerahi Maestro Tokoh Penari Khas Kabupaten Tegal dari Bupati Tegal.

Tarian Topeng Endel atau Tari Endel merupakan satu di antara varian tarian topeng yang ada di Tegal. Sebuah tari pergaulan tradisional kerakyatan kebanggaan m a s y a r a k a t K o t a Te g a l d a n Kabupaten Tegal. Tari ini pernah mendapat rekor MURI setelah ditampilkan oleh . muridmurid sekolah dasar pada saat perayaan hari jadi Kabupaten Tegal.


Selain Tarian Topeng Endel, Tegal memiliki jenis tari topeng gaya lainnya, yaitu : . Tari Topeng Kresna Tarian ini menggambarkan tokoh Kresna yang ada dalam wayang kulit Purwo. Karakter dari Kresna sendiri adalah cerdik, sakti, berwibawa, tidak sombong, arif, dan bijaksana. Karakter ini tercermin dari gerakannya yang tegas, tegap, dan langkahnya pasti. . Tari Topeng Panji Tari ini menggambarkan tokoh Panji , seseorang yang gagah berani dan berwatak halus. Sehingga gerakangerakannya terlihat halus. . Tari Topeng Lanyapan alus Tarian ini menggambarkan tokoh yang bernama Bambangan, seorang kesatria

yang gagah berani, cerdik, tangkas, memiliki watak halus, dan berbudi luhur. Gerakan tarian ini halus dan lincah. . Tari Topeng Patih Jinggan Anom Tri Topeng Minakjingga Tarian ini menggambarkan tokoh patih atau ponggawa kerajaan. Seorang patih yang digambarkan sebagai seorang kesatria, gagah berani, cerdik, tangkas, dan luhur budi pekertinya. Gerakan tarian ini lincah. . Tari Topeng Kelana atau Tari Topeng Rahwana Tarian ini menggambarkan seorang tokoh Kelana. Kelana merupakan tokoh yang mempunyai pribadi yang gagah berani, cerdik, tangkas, dan luhur budinya. Gerakannya tegap dan lincah.


PERKEBUNAN

BUAH NAGA Budidaya tanaman buah n a g a d i K a b u p a t e n Te g a l mengalami kemajuan cukup bagus. Petani mulai melirik budidaya tanaman ini. Selain pemasaran cukup menjanjikan, juga buahnya manis dan manfaat kandungan gizi dari buah naga ini cukup tinggi. Usaha buah naga di Kabupaten Tegal ini berawal dari adanya bantuan pengembangan buah naga dari Dana APBN pada tahun , yang ditanam pada bulan Juli seluas ha yang tersebar di beberapa kecamatan. Kecamatan Dukuhwaru menjadi salah satu bagian dari kecamatan yang mendapat dana pengembangan buah naga.

Kelompok Tani Harapan Makmur merupakan salah satu kelompok tani yang mengembangkan budidaya buah naga di kecamatan Dukuhwaru, Tegal. Pak Bambang ketua dari kelompok tani ini menerangkan satu tiang panjatan miliknya terdiri dari pohon buah naga. Biasanya dalam tiang diperoleh Âą kg buah. Di lahan seluas ha dengan jumlah tiang sebanyak . , didapatkan buah naga - ton. Sehingga kurang lebih selama masa panen dari November hingga Mei diperoleh buah naga sebanyak ton, yang berarti produktivitas per hektarnya sebesar , ton ha.Untuk pemasaran buah naga, Pak Bambang langsung mengirimkan ke beberapa wilayah di Kabupaten Tegal. Bahkan beberapa tahun ini, dirinya mengaku sudah mengirimkan buah naga ke Semarang.


Selain terkenal dengan khas budidaya buah naga, Kabupaten Tegal memiliki wisata buah naga yaitu di Agrowisata Rodjo Tater yang ada di Desa Bogares Kidul, Kec. Pangkah, Kab. Tegal. Rodjo Tater berdiri di area seluas hektar dengan lokasinya yang menyatu dengan perkebunan warga, sehingga kesan asri, teduh dan suasana pedesaan masih melekat di objek wisata ini.Wisata ini mengenalkan buah naga mulai dari cara menanam hingga memetik buah naga.

Hamparan kebun buah naga yang luas, sengaja di tanam untuk wahana agro wisata. Pengunjung bisa memetik buah naga yang sedang berbuah. Jika berkenan pengunjung bisa membawa pulang buah hasil petikannya, dengan membayar sejumlah uang kepada petugas. Harga tiket masuk Rodjo Tater sangat terjangkau, cukup merogoh kocek Rp ribu per orang di hari biasa, atau Rp ribu per orang di hari libur, kita bisa menikmati semua wahana yang ada di Rodjo Teter selain wisata buah naga itu sendiri.


BATIK TEGALAN Selain kota Pekalongan yang terkenal dengan ciri khas akan kota batik, Tegal juga memiliki batik khas yang dikenal dengan batik Tegalan. Nah, batik Tegalan punya motifmotif yang unik berbeda dari daerah lainnya. Motif gambar atau motif rengrengan besar atau melebar jadi identitas batik tegalan. Selain itu, batik Tegalan kebanyakan berwarnawarni. Dominasi warna cokelat dan biru juga jadi karakteristik batik ini. Keunikan batik Tegalan juga bisa dilihat dari letak isen-isen atau ornamen dan penamaan k ain. Berbeda dari daerah lain yang membubuhkannya di luar, ornamen bisa kamu temukan di dalam motif utama. Mereka menamai batik berdasarkan ornamen tersebut, contohnya blarak saleret, tumbar bolong, semut runtung, dan beras wutah.

Saat ini batik Tegalan menyajikan berbagai bentuk motif yang berorientasi pada ora dan fauna sebagai ragam hias utamanya, seperti berbagai jenis tanaman berupa daun, bunga, buah dan binatang. Nah, selain dikenal dengan berbagai motif ora fauna, batik Tegalan ini dibedakan dalam dua motif dasar, yakni motif klasik dan motif pengembangan. Motif klasik irengan dibedakan lagi nih berdasarkan warnanya, yaitu irengan dan bangjo. Motif klasik irengan didominasi warna hitam, cokelat dan biru. Warna ini bisa kamu lihat dalam motif gribikan, jahe-jahenan, kawung mlinjo, sidomukti ukel, udan liris, ukel wit-witan, kopi pecah, parang, parang angkik, putihan, sawat candra atau sawat ireng, rujak sente, welut gumbel, kecubungan, buntat, kawung endog, manggaran, cempaka putih, cempak a mulya, ukel pyur, semut runtung, dan sidomukti putihan.


Sementara kombinasi warna kuning, cokelat, merah, hijau, dan biru bisa ditemukan dalam motif klasik bangjo. Motif klasik yang dikategorikan sebagai motif klasik bangjo adalah motif wadas gempal, jamblangan, gribikan, kawungjenggot, cecek kawe, unian, sok araja, blarak an, kopi pecah, gribikan, galaran, buntut bajing, semut runtung, beras mawur, tumbar bolong, dan tambangan. Ada sekitar ragam hias motif batik tegal, namun ada empat motif yang jadi legendaris tegal yaitu gribikan, sawatan, cempaka putih, dan cempaka mulia.Disebut gribikan, karena rumah masyarakat Tegal dulu banyak yang masih menggunakan gribik atau dinding anyaman bambu, lalu masyarakat kala itu menuangkannya dalam batik. Adapun untuk motif sawatan merupakan motif kali pertama batik Tegal. Motif ini identik dengan warna yang gelap seperti biru, hitam dan coklat. Itu menggambarkan masa penjajahan

dulu, karena pada masa penjajahan belum ada listrik sehingga motif sawatan ini identik dengan warna gelap. Selain itu, dalam motif sawatan terdapat corak sayap burung garuda yang melambangkan Negara Indonesia dan dapur ngebul yang menggambarkan zaman dulu. Motif sawatan ini menggambarkan zaman penjajahan dulu. Sawatan sendiri berasal dari kata shalawatan karena masyarakat dulu ketika membatik dengan shalawatan. Namun masyarakat lebih gampang mengucapkan sawatan dan itu berlaku sampai sekarang. Adapun untuk motif cempaka putih, motif ini dulunya dipakai untuk pengantin, karena biasanya pengantin menggunakan bunga cempaka yang menandakan kesucian. Dan, yang terakhir ada motif cempaka mulya, motif ini juga digunakan untuk pengantin. Konon katanya apabila pengantin menggunakan batik ini hidupnya akan mulya. Namun sekarang motif ini digunakan hanya sebagai buah tangan.


PART : PROGRAM KERJA

PENDIDIKAN :

BIMBINGAN BELAJAR Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara Presiden RI, . Proses pembelajaran dapat dilakukan secara formal di sekolah, informal di keluarga, maupun nonformal di lingkungan masyarakat. Berhasil atau tidaknya suatu proses pembelajaran dapat dipengaruhi berbagai hal, salah satunya oleh antusias peserta didik dalam belajar, selain itu fasilitas yang memadai juga mendukung tercapainya keberhasilan proses belajar. Tapi saat ini banyak didapati permasalahan di dalam lingkungan sekolah banyak yang masih kekurangan fasilitas untuk menunjang pembelajaran, selain itu proses pembelajaran di kelas juga belum bisa menyeluruh.

Bedasarkan hasil survei ke salah satu Sekolah Dasar terdekat dari Posko KKN kami, motivasi belajar siswa sudah cukup baik, akan tetapi dari masing-masing siswa memiliki daya tangkap yang berbeda-beda dengan jumlah guru yang terbatas untuk menjangkau satu-satu. Akhirnya masih ditemukan banyak peserta didik yang masih dibawah KKM Kriteria Ketuntasan Minimal . Untuk mengatasi hal tersebut beberapa wali murid sudah memberikan les tambahan kepada putra-putrinya dengan harapan mampu memperoleh hasil belajar dan prestasi yang memuaskan. Berbeda dengan wali murid yang tidak mampu dalam biaya les di lembaga belajar, mereka hanya mampu memotivasi dan memberi semangat di sekolah kepada putra-putrinya k arena keterbatasan ilmu dan pengetahuan yang dimilikinya.


Untuk mengatasi permasalahan yang terjadi tersebut, maka TIM KKN baik Desa Blubuk maupun Slarang Lor mencanangkan program kerja bimbingan belajar di luar jam sekolah. Bimbingan belajar merupakan kegiatan belajar sesuai kurikulum kelasnya masing-masing yang dikemas belajar sambil bermain dan bercerita, sehingga diharapkan belajar tanpa beban dan menyenangkan. Kegiatan Belajar meliputi mengerjakan PR, pembahasan materi yang dianggap sulit, tambahan pengetahuan, berbagi cerita yang memotivasi.

Komunikasi dan program kerja yang baik membawa respon yang baik, sehingga TIM KKN didukung dalam bentuk fasilitas tempat dalam melaksanakan program kerja ini. Kegiatan dilaksanakan pada hari Selasa, Kamis, dan Jumat pukul . - . WIB di Desa Blubuk. Sedangkan di Desa Slarang Lor dilakukan setiap hari selasa dan jumat. Pada hari selasa dilaksanakan pada pukul . WIB, sedangkan pada hari jumat dilaksanakan pada pukul . WIB.


TAMAN CERDAS

Kegiatan Taman Cerdas merupakan salah satu program kerja KKN UNS Tegal di Desa Blubuk dan Slarang Lor, Kecamatan Dukuhwaru, Kabupaten Tegal. Kegiatan taman cerdas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kreativitas dan keterampilan anak dengan melakukan kegiatan di luar pendidikan formal di sekolahan. Kegiatan taman cerdas ini meliputi serangkaian acara yang diawali dengan kegiatan vertikultur, chemistry of kids, dan ditutup dengan kegiatan outbond.

Vertikultur merupakan sistem budidaya pertanian yang tidak memakan banyak ruang untuk menanam. Tanaman yang digunakan bisa berupa tanaman sayur, tanaman hias, maupun komoditas tanaman lainnya. Kegiatan ini dapat digunakan sebagai sarana edukasi anak dalam mencintai lingkungan. Dalam vertikultur ini menggunakan botol-botol plastik bekas yang digunakan sebagai wadah media tanam. Botolbotol tersebut sebelumnya dihias dengan menggunakan cat warna oleh anak-anak agar terlihat lebih indah, hal ini dapat mengembangkan kreativitas dan keterampilan anak dalam proses menghias botol. Selain anak dilatih memanfaatkan barang-barang yang sudah terpakai, vertikultur ini turut andil menghias Taman SDN Blubuk dan Ruang Terbuka Hijau RTH yang ada di Desa Slarang Lor.


Chemistry of kids merupakan salah satu eksperimen sederhana yang dilakukan siswa adalah percobaan gunung meletus dengan menggunakan bahan yang sederhana dan mudah ditemui. Percobaan gunung meletus ini hanya untuk meniru peristiwa alam yang berkaitan dengan kegiatan gunung berapi, berupa lahar yang keluar dari kawah gunung. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat percobaan gunung meletus antara lain adalah cairan cuka, detergen, soda kue, kertas manila dan pewarna merah agar sesuai dengan warna magma. Kegiatan chemistry of kids ini diharapkan para siswa mampu mengenal berbagai peristiwa alam yang dikemas dengan cara ksperimen yang mengasyikkan dan sangat mengedukasi anak untuk mengenal sains sejak dini.

Sasaran dalam program taman cerdas adalah anakanak SD yang ada di Desa Blubuk dan Slarang Lor dari kelas satu sampai enam. Kelas satu sampai kelas tiga untuk chemistry of kids dan kelas empat sampai lima untuk veltikultur. Kemudian ditutup dengan kesemua kelas mengikuti outbond bersama. Adanya program taman cerdas ini diharapkan dapat memberikan refreshing namun tetap dalam ranah edukasi pada anak terlepas dari pendidikan formal.


TPQ Taman Pendidikan Al-Qur an TPQ merupakan penyelenggaran pendidikan non formal jenis keagamaan Islam sebagai wadah untuk memberikan pengajaran Al Qur an sejak usia dini. Selain itu, TPQ juga memberikan dasar-dasar pengetahuan agama serta membantu perkembangan rohani anak. TPQ bertujuan menyiapkan terbentuknya generasi Qur ani, yaitu generasi yang memiliki komitmen terhadap

Al-Qur an sebagai sumber perilaku, pijakan hidup dan rujukan segala urusannya. Hal ini ditandai dengan kecintaan yang mendalam terhadap AlQur an, mampu dan rajin membacanya, terus menerus mempelajari isi kandungannya dan memiliki kemauan yang kuat untuk mengamalkannya secara kaffah dalam kehidupan seharih a r i . M a s i n g - m a s i n g D e s a ya n g menjadi tempat kami KKN sudah terdapat TPQ.


Desa Slarang Lor memiliki TPQ Baitussalam yang telah berkembang dan memiliki banyak santri. TPQ tersebut terdiri dari enam kelas, dimulai dari kelas satu yang terdiri dari anak-anak kelas TK A dan kelas paling atas kelas enam yang terdiri dari anak SD MI kelas dan . Sedangkan Desa Blubuk mempunyai TPQ Istiqomah yang sama berkembangnya dengan menyediak an empat kelas. Dimulai dari kelas A terdiri dari PAUD, TK, dan kelas satu. Kelas B, gabungan dari kelas dua dan tiga, sedangkan kelas C gabungan kelas empat dan lima. Terakhir kelas D yaitu dari anak-anak kelas enam.

Kegiatan yang dilakukan adalah membantu para pengajar TPQ, karena santri yang banyak pada TPQ tersebut tidak diikuti dengan adanya tambahan tenaga pengajar sehingga terkadang sulit mengkondisikan s a n t r i . Pro gr a m m e n g a j a r T P Q dilakukan pada hari Senin, Rabu, dan Kamis. Materi yang diajarkan menyesuaikan jadwal kelas masingmasing pada hari tersebut seperti materi ďŹ qih, tajwid, sejarah islam, dll selain materi utama yaitu kami membantu dalam pendampingan membaca Iqro.


CREATIVEPRENEUR :

KEWIRAUSAHAAN Kegiatan sosisalisasi Kewirausahaan merupakan salah satu program kerja KKN UNS Tegal di Desa Blubuk dan Slarang Lor, Kecamatan Dukuhwaru, Kabupaten Tegal. Program kerja ini bertujuan untuk menambah ketrampilan dan diharapkan dapat menciptakan peluang kerja bagi ibu-ibu PKK di Desa Blubuk. Program ini dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu menentukan sasaran yang dituju, kemudian mengurus ber bagai perizinan, dan yang terakhir melaksanakan sosialisasi kewirausahaan yaitu pembuatan Nata de Coco, pudding jagung, dan salad buah yang diisi oleh mahasiswa KKN UNS.

Sasaran sosialisasi ini adalah Ibuibu PKK desa Blubuk dan Slarang Lor yang terdiri dari pengurus PKK dan seluruh anggota PKK. Hal tersebut diharapkan ibu-ibu PKK mampu mempraktikkan keterampilan yang telah didapatkan, dan dapat menjadi peluang untuk membuka usaha sendiri. Sosialisasi ini meliputi pemaparan materi, bahan-bahan yang dibutuhkan beserta peran dari masingmasing bahan dalam proses pembuatan, dan cara pembuatan disertai demonstrasi pembuatannya. Selain melaksanakan demonstrasi cara pembuatannya, kita juga menjelaskan cara pengemasan yang baik. Setelah itu, kita memberi contoh produk yang sudah dikemas beserta peluang usaha yang dapat diterapkan.


TALKSHOW CREATIVEPRENEUR Kegiatan Talkshow Creativepreneur merupakan salah satu program kerja KKN UNS Tegal . Creativepreneur adalah suatu usaha atau bisnis yang bergerak di bidang yang berkaitan dengan kreatifitas, atau dengan kata lain komponen utama dalam pembuatan produk atau jasa dalam usaha ini yaitu kreatifitas. Biasanya yang berkecimpung di creativepreneur yaitu karang taruna. Contoh bisnis atau usaha creativepreneur yaitu di bidang animasi, desain, arsitektur, interior, game, videografi, fotografi, kerajinan, musik, tari, dan sejenisnya. Program kerja ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan kreatifitas yang dimiliki oleh seseorang, yang kemudian kreatifitas tersebut dapat dijadikan suatu usaha atau bisnis yang menjanjikan.

Program ini dilakuk an dengan beberapa tahap, yaitu menentukan s a s a ra n y a n g d i t u j u, k e m u d i a n mengurus berbagai perizinan, kemudian melaksanakan sosialisasi creativeprenenur yang diisi oleh mahasiswa KKN UNS. Sasaran sosialisasi creativepreneur ini adalah karang taruna Desa Blubuk, Kecamatan Dukuhwaru, Kabupaten Tegal. Praktik sosialisasi ini dilaksanakan dengan sistem talkshow dan kemudian sesi tanya jawab. Adanya kegiatan ini diharapkan karang taruna mampu mengetahui, mengasah, dan mengembangkan kreatifitas yang dimiliki, sehingga dapat menjadikan para pemuda menjadi pribadi yang mandiri, terutama mandiri secara finasial.


LINGKUNGAN : SEMANGAT PEDULI LINGKUNGAN

UNS GO GREEN

Kata-kata go green saat ini sudah menjadi trend baru dimasyarakat umum, yang mana aspek lingkungan menjadi pusat perhatian dalam berbagai pembangunan. Berbagai permasalahan lingkungan yang ada membuat UNS menjadi salah satu kampus yang menggalakkan program Go Green ini. K a m i d a r i Ti m K K N U N S Te g a l d a l a m mendukung program ini ikut andil didalamnya, dengan mengusung tema go green sebagai salah satu program kerja yang diterapkan dimasyarakat. Kegiatan Go Green atau gerakan peduli lingkungan ini kami kemas dalam satu wadah kegiatan yaitu berupa penanaman berbagai pohon dan bunga. Desa Blubuk dan Slarang Lor menjadi desa yang kami pilih untuk menggalakkan program ini. Minggu, Februari pagi hari kami agendakan program utama kami ini dengan mengundang berbagai lapisan masyarakat, mulai dari perangkat desa, masyarakat umum dan anak-anak desa. Bertempat di Ruang Terbuka Hijau dan lapangan desa, kegiatan dibuka

terlebih dahulu oleh sang koordinator desa dilanjutkan sambutan dari bapak Kepala Desa. Secara simbolis dilanjutkan penanaman pohon mahoni dan buah sirsak, kemudian diikuti oleh masyarakat dengan menaman berbagai pohon dan bunga-bunga. Ruang terbuka hijau di desa ini merupakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh desa bagi masyarakat dan anak-anak untuk bermain. Salah seorang penggiat lingkungan dari desa itu mengatakan Ruang terbuka hijau ini kami desain dengan konsep taman dengan berbagai wahana permainan anak-anak, biar anak-anak senang dan kami juga berharap anak-anak juga bisa belajar untuk merawat lingkungan mulai dimulai dari membuang sampah pada tempatnya . oleh karena itu, kami berinisiatif tidak hanya menanam bibit pohon, tapi kami juga memberikan peninggalan berupa tempat sampah dengan pemilahannya. Pukul . kegiatan akhirnya selesai, semua istirahat ngeteh, makan gorengan dan saling bercengkrama membaur t a k a d a b at a s a nt a ra m a h a s i s wa d a n masyarakat.


DARI SAMPAH, UBAH JADI PRODUK KOMPOS Berbagai kegiatan-kegiatan peduli lingkungan sudah banyak digalakkan, para penggiat lingkunngan dengan semboyannya yaitu zero waste banyak didengungkan. Sampah yang sudah menjadi hasil produk yang diakibatkan adanya kegiatan konsumsi banyak menimbulkan permasalahan. Oleh karena itu, untuk mendukung program p e m e r i n t a h k a m i Ti m K K N U N S Te g a l mengusung tema lingkungan dalam program utama yaitu sosialisasi pengelolaan sampah dan pembuatan kompos. Pelaksanaan kegiatan yang dilakukan didua desa yaitu Blubuk dan Slarang Lor bertempat di rumah warga dan juga diruang pertemuan PKK. Waktupun berbeda, menyesuaikan kondisi masyarakatnya. Kamis, Februari kegiatan ini dilaksanakan, dengan mengundang ibu-ibu PKK dan juga masyarakat sekitar sosialisasi yang pertama tentang pengelolaan sampah. Kami memberikan pemahaman kepada ibu-ibu PKK tentang penggolongan jenis-jenis

sampah, menjadi sampah jenis organik, anorganik dan B . Selain itu, pengolahan terhadap sampah yang bisa direuse,recycle dan reduce juga dijelaskan. Untuk mendukung keterpaduan dari pengelolaan sampah ini, kami memberikna pelatihan kepada ibu-ibu PKK dalam pemanfaatan sampah-sampah organik dijadikan produk yang lebih bermanfaat yaitu kompos. Sisa sayuran, daun-daun kering, dan ampas bekas parutan kelapa kami sediakan sebagai bahan utama untuk dijadikan kompos. Bahan-bahan lain berupa EM , pupuk kandang, tetes tebu, dan air juga disediakan. Yang terakhir peralatan berupa tong komposter, ember dan pengaduk digunakan sebagai penunjang kegiatan. Setelah memberikan materi kepada ibu-ibu, praktik dilapangan dilaksanakan. Memperlihatkan bagaimana tahapan-tahapan proses pembuatan kompos, dan juga takaran-takaran bahan yang harus digunakan. Banyak ibu-ibu antusias mengikuti acara dengan ditandai banyaknya pertanyaanpertanyaan yang keluar.


KESEHATAN : EDUKASI PHBS PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara Presiden RI, . Proses pembelajaran dapat dilakukan secara formal di sekolah, informal di keluarga, maupun nonformal di lingkungan masyarakat. Berhasil atau tidaknya suatu proses pembelajaran dapat dipengaruhi berbagai hal, salah satunya oleh antusias peserta didik dalam belajar, selain itu fasilitas yang memadai juga mendukung tercapainya keberhasilan proses belajar. Tapi saat ini banyak didapati permasalahan di dalam lingkungan sekolah banyak yang masih kekurangan fasilitas untuk menunjang pembelajaran, selain itu proses pembelajaran di kelas juga belum bisa menyeluruh.

Bedasarkan hasil survei ke salah satu Sekolah Dasar terdekat dari Posko KKN kami, motivasi belajar siswa sudah cukup baik, akan tetapi dari masing-masing siswa memiliki daya tangkap yang berbeda-beda dengan jumlah guru yang terbatas untuk menjangkau satu-satu. Akhirnya masih ditemukan banyak peserta didik yang masih dibawah KKM Kriteria Ketuntasan Minimal . Untuk mengatasi hal tersebut beberapa wali murid sudah memberikan les tambahan kepada putra-putrinya dengan harapan mampu memperoleh hasil belajar dan prestasi yang memuaskan. Berbeda dengan wali murid yang tidak mampu dalam biaya les di lembaga belajar, mereka hanya mampu memotivasi dan memberi semangat di sekolah kepada putra-putrinya k arena keterbatasan ilmu dan pengetahuan yang dimilikinya.


KKN UNS TEGAL 2020

Desa Blubuk & Desa Slarang Lor, Kecamatan Dukuhwaru, Kab. Tegal


Profile for Famiola !

Mutiara di Kota Bahari | Undercover Story - KKN UNS Tegal 2020  

Mutiara di Kota Bahari | Undercover Story - KKN UNS Tegal 2020  

Advertisement