Buletin DeKombat Edisi 39

Page 1

Masa Depan Perekonomian di Tangan Ekokraf KABAR FEB - FOKUS UTAMA - SUARA KADER - KOMIK

BANK Printing

PK IMM FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

EDISI 39


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Asyhadu an laa ilaaha illallaahu, wa asyhaduanna muhammadar rasuulullah. Puji dan syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan segala karunia-Nya kepada kita hingga saat ini. Tak lupa Shalawat serta salam selalu tercurah pada Baginda Nabi Muhammad SAW dan semoga kita mendapatkan Syafaatnya di Yaumil Akhir nan Alhamdulillahirobil'alamin, ucapan syukur kami panjatkan atas kepada Allah SWT atas atas izin-Nya bule n Dekombat edisi ke 39 dapat kami hadirkan. Ucapan terima kasih kepada segenap pihak yang telah ikut berpar sipasi dalam proses pembuatan bule n ini. Pada Edisi kali ini, m redaksi mengangkat judul "Masa Depan Perekonomian di Tangan Ekokraf”. Secara umum, ekonomi krea f merupakan industri yang memanfaatkan krea vitas, bakat, dan kemampuan individu untuk menciptakan kesejahteraan dan lapangan pekerjaan. Industri ini mengeksploitasi hasil karya seseorang seper kerajinan tangan, karya tulis, musik, seni pertunjukan, film, kuliner, dan lain-lain yang mana merupakan kebijakan pemerintah sebagai alterna f untuk mengembalikan kondisi ekonomi masyarakat yang mulai menurun. Dengan hadirnya bule n ini kami berharap teman-teman pembaca dapat ikut andil dan lebih termo vasi untuk menjadi bagian dari industri krea f untuk kemajuan perekonomian Indonesia. Untuk Kolaborasi Sebab Sendiri Kita Ma , Salam Kolaborasi! Billahi fii sabilil haq, fastabiqul khairat! Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

TIM REDAKSI PENASIHAT: DPI dan BPH IMM FEB UMY PIMPINAN UMUM: BIDANG MEDIA DAN KOMUNKASI IMM FEB UMY PEMIMPIN REDAKSI: Audy Nurfadhly SEKRETARIS REDAKSI: Putri Surya M JURNALIS: Ardita Handayani Widya An Angga Nur F Hendra Yogi Raihan F EDITOR: Kenia Safira Izana Muhammad Afif Nur H Rizki Arjuna Noorsy Irfanio R Sherinna Anis

DAFTAR ISI Kabar FEB...............................................2 Fokus Utama.................................5 Sosok..........................................9 Suara Kader.........................................11 Opini..................................................12 Sastra.........................................................14 Komik...........................................15 1

www.dekombat.com


KABAR FEB

Pelantikan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prof. Rizal Yaya, S.E., M.Sc., Ph.D., Ak., CA., CRP. untuk kali kedua terpilih sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakrata (UMY) untuk periode 2021-2025. Pelan kan secara resmi dipimpin oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakrata, Dr. Ir Gunawan Budiyanto, M.P., IPM., serta dihadiri oleh kepala Badan Pengurus Harian (BPH) UMY, Dr. Agung Gunarto, M.Ag., dan juga Kepala Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Daerah Is mewa Yogyakarta, Gita Danupranata, S.E., M.M. Acara ini dilakukan secara luring di Ruang Sidang Lt.5 Gedung Ar Fachruddin B pada hari Senin, 31 Mei 2021.

Prof. Rizal Yaya, S.E., M.Sc., Ph.D., Ak., CA., CRP

Dekan FEB UMY selaku Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Poli k Ir. Aris Widyo Nugroho, S.T., M.T., Ph.D., selaku Dekan Fa ku l ta s Te k n i k , D r. Sya k i r Jamaluddin, M.A., selaku Dekan Fakultas Agama Islam. Sedangkan kedua Direktur yang dilan k ialah; I r. S r i At m a j a PJ N N R , S .T. , M.Sc.Eng., Ph.D., P.Eng., IPM., selaku Direktur Program Pascasarjana, dan Dr. Bambang Jatmiko, S.E., M.Si., selaku

Dalam acara ini juga melantik beberapa Dekan diantaranya ialah; Iwan Satriawan, S.H., M.C.L., Ph.D., selaku Dekan Fakultas Hukum, Ir. Indira Prabasari, M.P., Ph.D., selaku Dekan Fakultas Pertanian, Eko Purwan , S.Pd., M.Hum., Ph.D., selaku Dekan Fakultas Pendidikan Bahasa, Dr. dr. Hj. Sri Sundari, M.Kes., selaku Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Dr. Takdir Ali Muk , S.Sos., M.Si.,

2

D i re k t u r P ro g ra m Vo ka s i . Dalam sambutanya, Dr. Ir Gunawan Budiyanto, M.P., IPM mengucapkan selamat kepada para Dekan dan Direktur baru s e r ta m e n g u n g ka p ka n ra s a terimakasih atas dedikasi yang


KABAR FEB telah diberikan oleh para Dekan dan Direktur sebelumnya, 2017-2021. Prestasi yang ditorehkan oleh UMY yang semakin meningkat baik di

n g kat n a s i o n a l

maupun internasional merupakan buk

dari kerja

keras yang dilakukan. Oleh karena itu, ia mengajak para dekan dan direktur baru untuk terus mencetak dan meningkatkan prestasi UMY. Dalam sambutan tersebut ia juga berpesan kepada dekan dan direktur baru bahwa jabatan merupakan ujian apakah kita merupakan manusia yang bersyukur atau kufur, jabatan merupakan ajang kita beramal untuk membesarkan persyarikatan Muhammadiyah. Ia yakin, melalui kinerja yang akan dan telah diberikan oleh Bapak/Ibu, kita telah menerapkan “Hidup-hidupilah Muhammadiyah.”

3


KABAR FEB

Sertifikasi AUN - QA Program studi manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis merupakan salah satu prodi yang ada di Universitas Muhammadiyah Yo g y a k a r t a ( U M Y ) . P r o d i manajemen telah mendapatkan ser fikasi AUN-QA. Hasil ser fikasi i n i ke l u a r s e t e l a h d i a d a ka n assessment pada tanggal 3-7 Mei 2021 lalu. AUN-QA (Asean University N et wo r k- Q u a l i t y A s s u ra n c e ) merupakan sebuah assesment yang dilakukan secara mandiri dengan malakukan penulisan (selfa s s e s m e nt re p o r t ) . AU N - Q A mengacu kepada standar akreditasi internasional. Ketua Task Force AUN-QA UMY, Evi Rahmawa , M.Acc., Ph.D., Ak., CA., menyatakan bahwa setelah mendapat ser fikasi prodi tersebut berar UMY sudah berada di jalur yang tepat untuk mencapai milestone yang sudah dirancang. Salah satunya pada tahun 20202025 UMY ingin mewujudkan research exellence university yang

4

memiliki keung gulan internasional sehingga mampu Leasing Asean University. Manfaat yang diperoleh setelah mendapatkan ser fikasi AU N - Q A u nt u k universitas dan program studi diantaranya adalah adanya kesetaraan program studi dengan program studi universitas berkualitas nggi lainya d i A S EA N . M e m b u ka peluang untuk berpar sipasi dalam program AUN-QA dan atau proyek untuk

mengembangkan kerja sama organisasi mitra ASEAN. Menambahkan jaringan diantara Negara ASEAN yang terlibat dalam konferensi yang diselenggarakan oleh AUN-QA. Serta berbagai pengalaman implementasi di wilayah ASEAN untuk meningkatkan kualitas perguruan nggi.


FOKUS UTAMA

Dr. Lilies Setiartiti, SE., M.Si Menurut Bu Lilis selaku Dosen Prodi Ilmu Ekonomi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Ekonomi krea f merupakan fungsi dari ide, IPTEK, inovasi, dan krea vitas. E ko n o m i k r e a f a d a l a h ekonomi yang memfokuskan pada krea vitas yang mengandalkan ide dan ilmu pengetahuan secara inovasi didalam mengembangkan ekonomi khususnya di bidang industri krea f. Ekonomi krea f ataupun industri krea f mempunyai karakteris k yang never ending karena kreasi manusia dak pernah berakhir.

5

Ekonomi krea f menjadi salah satu pendorong pada sektor pertumbuhan dan pembangunan di I n d o n e s i a . S a at i n i , ekonomi krea f sudah memasuki gelombang ekonomi keempat setelah gelombang e ko n o m i p e r ta n i a n , kedua gelombang ekonomi industri, dan ke ga gelombang e ko n o m i i n fo r m a s i . Is lah ekonomi krea f mulai ramai di perbincangkan sejak John Howkins, menulis buku “Crea ve Economy How People Make Money From Ideas.”

Howkins mendefinisikan ekonomi krea f sebagai kegiatan ekonomi di mana input dan outputnya adalah gagasan. Bagaimana orang-orang menciptakan uang dari ideide yang dihasilkannya. Sekarang ini, kita m e m a s u k i e ko n o m i krea f yang basis utamanya adalah krea vitas yang dipicu dari ide, informasi, dan IPTEK.


FOKUS UTAMA Contohnya not dalam musik yang hanya terdiri 7, tetapi dari musik kita bisa membuat jutaan lagu. Kita juga dibantu oleh teknologi IT yang mendorong munculnya krea vitas baru atau ide-ide baru sehingga produk yang dihasilkan oleh ekonomi krea f ini bukan hanya nilai tambah secara ekonomi saja melainkan nilai tambah secara sosial dan lingkungan. Manusia sekarang ini membutuhkan clean produc on, kita mulai sadar produksi yang dilakukan tentunya akan berdampak pada global warming yang merusak lingkungan. Maka dari itu, bagaimana kita bisa menumbuhkan ekonomi yang diiringi dengan lingkungan bersih.

Kita juga memasuki era 4.0 yang konon akan digan kan oleh ar fisial intelijen atau robot, tetapi dengan kita mengembangkan ekonomi krea f tentunya robot yang diciptakan tersebut dak ada apa-

mempunyai dimensi e s di mana dimensi e s itu hanya terdapat pada di otak ka n a n . J a d i , e ko n o m i k re a f i t u perpaduan dari 2 otak, yaitu otak kiri dan otak kanan. Otak kiri berisi mengenai anali k yang lebih banyak digunakan untuk proses berpikir secara anali s, verbal, dan selaras. Sementara itu, otak kanan lebih digunakan untuk berpikir secara visual, intui f, dan krea f.

6

apanya sebab robot dak mempunyai ide yang bisa dikembangkan seper manusia. Robot yang ada hanya diciptakan dengan otak kiri berbeda dengan manusia yang mempunyai otak kiri dan otak kanan. Robot juga dak

Perkembangan ekonomi krea f di Indonesia dimulai pada tahun 2006 di era Bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Pada tahun 2006, melalui Departemen Perdagangan RI, Dr. Mari Elka Pangestu yang saat itu menjabat sebagai Menteri Perdagangan meluncurkan program Indonesia Design Power dalam menyikapi ekonomi krea f ini kemudian dilanjutkan di era Bapak Jokowi melalui Kementerian


FOKUS UTAMA Permainan Interak f (game),Musik, Seni Pertunjukkan (showbiz), Penerbitan dan Percetakan, L aya n a n Ko m p u te r d a n Piran Lunak (so ware) atau Teknologi, Televisi & Radio (broadcas ng), Riset dan Pengembangan (Research and Development), Kuliner.

Pariwisata dan Ekonomi Krea f yang diwadahi dalam bentuk Bekraf (Badan Ekonomi Krea f) Indonesia. Sejak dicanangkan oleh Bapak Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2006, pertumbuhannya cukup bagus dan pada t a h u n 2 0 1 9 sumbangannya terhadap PDB sebesar 114 triliun dengan pertumbuhan 5,16%. Pada tahun 2020 rela f menurun karena adanya pandemi Covid-19. Saat ini, ada 15 s u b s e k t o r e ko n o m i krea f di Indonesia. Pemetaan Industri krea f di Indonesia ditetapkan berdasarkan

7

studi akademik atas Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) yang diolah dari data Badan Pusat Sta s k dan sumber data lainnya seper komunitas krea f lembaga pendidikan dan pela han yang dirilis di media elektronik maupun media cetak. Pemerintah Indonesia sendiri telah mengiden fikasi lingkup industri krea f mencakup 15 subsektor, antara lain; Periklanan (adver sing), Arsitektur, Pa s a r B a ra n g S e n i , Kerajinan (cra ), Desain, Fashion, Video, F i l m d a n Fo t o g ra fi ,

Pada masa pandemi, sub sektor krea f yang memiliki peluang untuk dikembangkan, yaitu kuliner dan kesehatan. Saat pandemi, masyarakat lebih membutuhkan kebutuhan gizi sehingga bidang kuliner mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Pe m b e l i a n m a ka n a n p a d a s a a t p a n d e m i m e n g g u n a ka n sy s t e m delivery karena jumlah pemesanan take away juga lebih mendominasi sehingga bisnis yang dikembangkan tetap bisa berjalan serta meminimalisir kontak fisik penularan virus Covid-19. Pada bidang kesehatan, meningkatnya permintaan masyarakat terhadap berbagai produk kesehatan, seper masker, hand sani zer, vitamin c, madu


FOKUS UTAMA

hingga berbagai macam produk yang dapat meningkatkan imun tubuh. Maka dari itu, negara-negara maju mulai menyadari bahwa saat i n i m e re ka d a k b i s a h a nya mengandalkan bidang industri s e b a ga i s u m b e r e ko n o m i d i negaranya, tetapi mereka harus lebih mengandalkan sumber daya manusia yang krea f karena krea vitas manusia itu berasal dari daya pikirnya yang menjadi modal dasar untuk menciptakan inovasi dalam menghadapi daya saing atau kompetensi pasar yang semakin besar.

8


SOSOK INDRO LAKSONO Indro Laksono, merupakan seorang pemuda yang lahir di Yogyakarta, 21 Juli 1998. Beliau mengawali karir dengan membuat minuman dari pisang yang bekerja sama dengan teman, namun usaha tersebut tidak bertahan lama. Kemudian dia berpindah haluan ke bisnis kaos dengan brand DOPYT COMPANY.

Karena fashion atau brand pakaian menurut saya adalah barang yang banyak diminati oleh kalangan anak-anak muda, apa lagi pembeli itu melihat sedikit ada perbedaan dengan produk-produk yang di jual oleh penjual lainnya. InsyaAllah pembeli akan tertarik, pembeli penasaran dan akan mencoba membelinya (jangan lupa selalu ramah dalam menanggapi chat dari customer selalu gunakan kata KAK dalam chat agar terkesan lebih akrab)”. Ujar Indro Laksono

9

Hal yang mendasari untuk melakukan bisnis ini ialah karena dia ingin mendapatkan pendapatan lebih dari pekerjaan sebelumnya dan ingin melangkah lebih maju, dengan mengenalkan dan menjual produkproduk lokal yang kualitasnya tidak kalah dengan produk luar. Produk ini ditujukan kepada anak muda kisaran umur 16-35 tahun. Pertama kali bisnis ini di dirikan pada awal tahun 2021 dengan metode penjualan melalui sosial.

membuat produk yang baru agar customer selalu tertarik, jangan sampai bermalasmalasan dan selalu berdoa kepada Allah SWT.

CARA MENGHADAPI PERSAINGAN

Bisnis ini mulai berjalan pada saat Covid 19 ini melanda, I n d ro L a k s o n o b e l u m b i s a m e nyata ka n a p a ka h a n g ka presentase penjualan menurun atau tidak di bandingkan sebelumnya. Adanya bisnis ini menjadikan keadaan ekonominya menjadi lebih baik. Teteplah semangat jangan loyo walapun lagi sepi orderan, rajin-rajinlah

Agar tetap eksis dan berkembang di kenal m a sya ra ka t i a l a h dengan niat yang konsisten, jangan pernah takut jika pesaing makin banyak, jangan lupa memberikan promo yang menarik agar banyak calon pembeli agar tertarik dan efeknya akan lebih di kenal oleh masyarakat.


SOSOK MOTIVASI “Niati usahamu dengan kepercayaanmu sendiri. Tetap Konsisten pada satu bidang, usaha yang di dasari dari keinginan diri kita sendiri akan lebih terasa terbayar jika kita sudah menuainya. Jangan pernah takut untuk memulai hal yang baru. Jangan pernah takut untuk mencoba halhal yang baru. Jangan pernah takut gagal. Sejatinya kamu adalah kesuksesan sejati jika kamu dapat mempercayai diri sendiri, mencintai diri sendiri, dan menjadi diri sendiri. Keep strong dan labrak.” Kata Indro Laksono. Dengan melakukan inovasi dan ta n g ga p te r h a d a p ke b u t u h a n marketonline sehingga customer makin loyal terhadap produk, menguasai nilai keunikan dari produk yang di produksi, dan cekatan dalam menangani keluhan dan saran dari para pelanggan.

10


OPINI

Immawan Muhammad Afif Nur Hanan KADER IMM FEB UMY

Sebagai generasi muda tentunya kita selalu dituntut untuk berpikir maju serta krea f dalam segala hal termasuk dalam bidang ekonomi. Bicara tentang ekonomi sendiri tentunya memiliki cakupan yang sangat luas, kita bisa mengerucutkan agar lebih sederhana bahwa ekonomi adalah segala sesuatu ya n g d i l a ku ka n d e n ga n t u j u a n memenuhi kebutuhan kita. Didalam kita berkegiatan ekonomi tentunya di masa modern ini akan ter nggal jika kita masih berpola pikir tradisional. Sebagai generasi muda khususnya kita bisa menggabungkan antara ekonomi dengan krea vitas dan ide, serta informasi kedalam ekonomi itu sendiri yang bisa kita sebut ekonomi krea f.

11

Gagasan krea f yang muncul dapat berbasis ilmu pengetahuan maupun teknologi yang dapat dikolaborasikan dengan ekonomi i t u s e n d i r i . E ko n o m i k re a f potensial untuk menggerakkan roda perekonomian pada tahuntahun mendatang. Sebagai salah satu contoh misalnya bentuk usaha dibidang ekonomi krea f adalah design. Dapat dikatakan ekonomi krea f karena didalamya terdapat ide serta krea vitas dalam membuatnya, dan yang paling utama adalah dapat menghasilkan untuk nantinya memenuhi kebutuhan. Untuk itu marilah generasi muda khususnya kita n g ka t ka n k r e a v i t a s s e r t a kembangkan ide demi perekonomian yang maju.


SUARA KADER Kondisi pandemi covid-19 di era teknologi yang berkembang saat ini bisa menjadi sebuah kekuatan untuk memgkesplorasi diri karena dari suatu keresahan akan mendapatkan ide- ide yang briliant seper contoh sebelum pandemi covid-19 sekolah/ kuliah dilakukan dengan cara tatap muka tapi sekarang kita bisa menggunakan teknologi untuk memulai sekolah/ kuliah dari rumah. Sektor ekonomi juga akan sangat mengandalkan teknologi, sebab tanpa mengandalkan teknologi sektor ekonomi kita akan sangat ter nggal dengan negara lain. Contohnya ojek online dengan ojek pangkalan, ojek online akan sangat mudah mendapatkan konsumen karena cakupanya sangat luas dibandingkan dengan ojek pangkalan. A n a k m u d a s e ka ra n g h a r u s b i s a m e n g i k u perkembangan teknologi untuk membangkitkan sektor ekonomi Indonesia karena di tahun 2030 nan diproyeksikan menjadi masa keemasan Indonesia, paling dak kita bisa bersaing dengan negara lain.

Immawan Ahmad Arif Isnan Sekbid RPK 2020/2021

Menurut pendapat saya, cara kita mengeksplore diri untuk mewujudkan ekonomi krea f adalah dengan cara mengubah pola pikir kita. Dengan cara mengubah tantangan itu dengan sebuah peluang apalagi kita masih dihantui dengan masa pandemi ini contoh dari peluang itu sendiri adalah kita memanfaatkan digitalissasi agar menjadi kunci disaat pandemi ini.

Immawan Bagus Eka Kader IMM FEB UMY

12


SUARA KADER Ekonomi krea f merupakan konsep ekonomi yang mengutamakan ide krea f serta teknologi dan informasi. Terdapat beberapa contoh usaha di bidang ekonomi krea f, salah satunya pemanfaatan media sosial sebagai salah satu media branding atau media penjualan. Dalam ekonomi krea f, krea vitas penggagas dalam mencuatkan sebuah inovasi menjadi kunci utama. Dengan kemudahan akses informasi, kemajuan teknologi, dan perkembangan kondisi VUCA saat ini dan kedepannya, mendorong para penggagas untuk dapat beradaptasi dengan kondisi yang ada sehingga usaha yang dilakukannya tetap agile menghadapi perubahan zaman yang ada. Itulah alasan mengapa pergerakan ekonomi krea f dalam perekonomian global sangat dinamis.

Immawa Annisa Nur Azizah Anggota Bidang Tabligh 2020/2021

Teknologikan sudah maju, kita manfaatkan teknologi sebaik baiknya, sudah banyak juga

di sosial media seper

youtube, instagram,

ktok, dan lain-lain yang

menyediakan ilmu bisnis, ilmu ekonomi, bahasa, dan lain sebaginya. Ilmu itukan sudah bisa kita dapatkan percuma atau gra s dari mereka, nggal bagaimana kita melihat peluang dan ber ndak untuk mewujudkan ekonomi krea f, misalnya si A punya bakat bisa membuat DIY atau kerajinan tangan. Terus si A ini mengasah bakatnya sambil berkarya sambil bisnis, misalnya karyanya itu dijual.

Immawa Anninda Amarin Kader IMM FEB UMY

13


SASTRA

“Tak Berujung” Oleh : Immawati Clara Claudia

Tak berujung malam nan kunjung cepat bergan Semakin gulita semakin tak karuan pula tujuan hidup ini Termenung sembari berpikir jadi apa aku nan Sedangkan kegagalan selalu mengelabui Tak berujung itulah yang aku rasakan saat ini Semakin ku jauh mengegah semakin tak terkendali Begitu terjal perjuangan yang aku lalui selama ini Berkata malam mendengar-dengar apa yang ku pikirkan saat ini Tak berujung aku pun tak berhen berkali-kali Meski sukma lara seiring waktu menjadi-jadi Berselempang ambisi yang tak pernah ma Semoga harap menjadi nyata kemudian hari

14


KOMIK “Shopping? Gak dulu deh Investasi lebih menarik” Di sebuah Cafe terlihat 2 orang sedang bercakap-cakap mengenai kondisi finansial mereka yang menurun karena kondisi sekarang yang berdampak pada perekonomian setiap masyarakat.

lu kenapa deh tin muka kusut gitu?

lah kamu gada tabungan atau gak pernah investasi po tin?

duh pusing banget aku kemaren kan habis dari mall beli baju, sepatu sama skincare uang ku makin nipis aja nih ton...

aku ada sih tabungan, tapi makin habis aja nih buat belanja dll, kalo mau investasi aku gabisa e ga ngerti

emang investasi tu gimana si ton?

wah sayang banget, mending lu coba investasi deh...

investasi itu kita membeli suatu asset yang dapat menghasilkan pendapatan dan nilainya meningkat di masa depan.

Maksudnya gimana deh?

emang kenapa si ton kita harus berinvestasi?

Jadi ketika seseorang berinvestasi itu merupakan cara mereka untuk meningkatkan taraf hidupnya dari waktu ke waktu atau setidaknya berusaha bagaimana mempertahankan tingkat pendapatannya yang ada sekarang agar tidak berkurang di masa yang akan datang..

Ada beberapa alasan si seseorang melakukan investasi, salah satunya untuk mengelola finansial di masa depan

woalah gitu.. Ajarin gue belajar investasi dong ton, pengen banget belajar nih gue...

Setelah percakapannya dengan Tono di Cafe waktu itu kini Tini selalu antusias untuk belajar tentang saham dan sadar bahwa prioritasnya sekarang bukanlah soal Shopping lagi, melainkan belajar manage finansial untuk masa depannya

15


16


Issuu converts static files into: digital portfolios, online yearbooks, online catalogs, digital photo albums and more. Sign up and create your flipbook.