Page 1


TEKNOLOGI NFC PADA SMARTPHONE

NFC mulai banyak tersemat di beberapa ponsel, khususnya ponsel di kelas midrange dan flagship. NFC mendukung aplikasi pembayaran digital secara nirkontak (contactless) seperti Samsung Pay atau Apple Pay. NFC merupakan singkatan dari "Near Field Communication". Fitur NFC membutuhkan dua perangkat yang masingmasing kompatibel.

Fungsi NFC pada smartphone 1. NFC dapat digunakan untuk mengirim berbagai macam file dari satu perangkat ke perangkat lain. 2. Digunakan untuk melakukan pembayaran secara digital atau Cashless. 3. Cek saldo kartu E-Toll dan sejenisnya. Dengan menggunakan fitur NFC, kita bisa melakukan cek saldo dari kartu E-Toll atau E-Money. Selain itu, juga bisa mengisi saldo kartu E-Money atau E-Toll dengan menggunakan fitur NFC yang terdapat pada smartphone. Dengan ada nya e–money, maka waktu transaksi lebih cepat, karena tidak ada nya proses pengembalian uang customer (efisien dalam hal waktu).

4


Cara Kerja NFC mirip dengan bluetooth atau WiFi yang bertumpu pada gelombang radio untuk mengirimkan informasi. Pada NFC, teknologi yang digunakan adalah Radio-frequency identification (RFID) jenis lama yang menggunakan induksi elektromagnetik untuk mengirim informasi.

NFC punya keunggulan lain yang cukup signifikan, yakni kecepatan koneksi. NFC hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 detik untuk menghubungkan dua perangkat. Saat ini, NFC diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Bukan hanya sekadar transfer data dalam jarak dekat saja, namun sudah bisa digunakan dalam transaksi perbankan, transportasi dan sarana hiburan yang menerapkan cashless/non tunai dan paperless. Fitur ini sudah melewati berbagai uji keamanan sehingga sangat aman untuk dipakai. Bahkan, NFC juga mendapatkan sertifikasi khusus untuk melakukan download data melalui TSM (Trusted Service Manager) sehingga melindungi semua data yang dimiliki oleh konsumen.

5


SEPUTAR LAYAR SMARTPHONE Layar IPS LCD

LCD (Liquid Crystal Display) sudah cukup lama ngeksis dan sampai saat ini tetap digunakan secara luas di smartphone, tablet, TV, dan mayoritas monitor komputer. Pada intinya LCD menggunakan kristal cair, dimana satu piksel LCD terbuat dari satu buah kristal cair sebagai titik cahaya. Di belakang susunan kristal cair ini ada backlight yang menjadi sumber cahaya.

Kelebihan 1. Biaya produksi lebih murah dibandingkan AMOLED

2. Warna lebih cerah saat dibawah sinar matahari langsung 3. Tidak memiliki efek burn-in seperti AMOLED

Kekurangan 1. Karena dilengkapi backlight, IPS LCD lebih tebal dari AMOLED 2. Lebih boros penggunaan daya dibandingkan AMOLED

3. Refresh rate dan response time lebih rendah dibanding AMOLED

6


Layar AMOLED AMOLED (Active Matrix Organic Light-Emitting Diode) merupakan teknologi yang lebih baru dari IPS LCD. Pada intinya AMOLED menggunakan anoda dan katoda untuk mengalirkan elektron melalui lapisan film yang sangat tipis. Teknologi AMOLED yang sering digunakan saat ini adalah Super AMOLED.

Kelebihan 1. Memiliki rasio kontras yang lebih tinggi daripada IPS LCD

2. Lebih hemat konsumsi daya, bahkan hingga 10x lipat dari layar IPS 3. Layar Amoled lebih tipis dan ringan dibanding dengan IPS LCD

Kekurangan 1. Biaya produksi jauh lebih mahal. 2. Rawan terjadi screen burn-in.

3. Tampilan warna putih tidak maksimal.

7


8


9


10


11


Teknologi Mobil Listrik

Mobil listrik merupakan mobil yang digerakkan dengan motor listrik, menggunakan energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lainnya. Pada tahun 2000-an para produsen kendaraan baru menaruh perhatian yang serius pada kendaraan listrik. Mobil listrik memiliki beberapa kelebihan yang potensial jika dibandingkan dengan mobil bermesin pembakaran dalam biasa. Yang paling utama adalah mobil listrik tidak menghasilkan emisi kendaraan bermotor. Selain itu, mobil jenis ini juga mengurangi emisi gas rumah kaca karena tidak membutuhkan bahan bakar fosil sebagai penggerak utamanya.

Pada Tahun 2019 pemerintah sudah mencanangkan program percepatan kendaraan listrik di Indonesia. Program ini sudah ditandai dengan terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) yang mengatur soal kendaraan berbasis elektrik. Kendaraan ramah lingkungan ini ada beberapa macam teknologinya, seperti HEV (Hybrid Electric Vehicle), PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle), dan BEV (Battery Electric Vehicle).

12


HEV (Hybrid Electric Vehicle)

HEV (Hybrid Electric Vehicle) atau hibrida merupakan mobil ramah lingkungan yang masih mengandalkan mesin konvensional. Mesin tersebut diberi motor listrik sebagai sumber tenaga tambahan yang mengambil tenaganya dari baterai. Mobil dengan teknologi HEV ini seperti mobil Alphard Hybrid, Corolla Altis Hybrid, Camry Hybrid dan juga Toyota C-HR.

PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle) PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehilce) bisa dibilang setingkat lebih irit di atas HEV. Mobil dengan teknologi PHEV ini memadukan dua mesin sekaligus yakni mesin konvensional dan juga mesin dari baterai atau listrik. Berkat perpaduan ini mobil PHEV bisa berjalan menggunakan tenaga baterai maupun BBM. Mobil yang menggunakan teknologi PHEV di antaranya Mitsubishi Outlander, Toyota Prius dan juga BMW i8 Roadster.

BEV Battery Electric Vehicle (BEV) Mobil yang mengadopsi BEV Battery Electric Vehicle (BEV) sumber tenaganya benar-benar hanya mengandalkan baterai saja. Dengan demikian, mobil listrik jenis BEV sangat tergantung dari yang namanya stasiun pengisian. Beberapa jenis mobil dengan teknologi BEV seperti Tesla dan juga Hyundai Ioniq.

13


Smart Tourism Penerapan Teknologi dalam Bidang Pariwisata

Hadirnya teknologi dalam industri pariwisata telah menciptakan lingkungan baru dalam dunia pariwisata. Smart Tourism merupakan salah satu pilar dari Smart City. Serta menjadi salah satu unsur penting dari Smart Economy. Smart Tourism didefinisikan sebagai platform pariwisata ICT terintegrasi. Platform tersebut mengintegrasikan peran teknologi informasi dalam memberikan informasi dan layanan yang efisien untuk wisatawan.

14


Tujuan Smart Tourism 1. Membuat database terkait sumber daya pariwisata, didukung dengan perkembangan Internet of Things dan Cloud Computing yang berfokus pada peningkatan wisata melalui identifikasi dan pemantauan yang ada. 2. Memajukan daerah destinasi wisata dengan inovasi industri pariwisata untuk promosi pariwisata, peningkatan pelayanan wisata dan manajemen pariwisata. 3. Memperluas skala industri pariwisata dengan platform informasi real time, mengintegrasikan penyedia jasa pariwisata dan peran masyarakat lokal. Berdasarkan tujuan tersebut, jelas menyebutkan bahwa membangun Smart Tourism mampu meningkatkan taraf ekonomi daerah.

Tak hanya membantu sektor ekonomi, teknologi pun turut membantu sektor pariwisata untuk tetap menyentuh wisatawan. Upaya sektor bisnis dalam bidang pariwisata memang terpengaruh dengan adanya pandemi saat ini, namun ada beberapa cara untuk bangkit kembali dengan cara menggunakan teknologi, yakni memfokuskan pengembangan dari sektor-sektor transportasi untuk mendukung aktivitas pariwisata.

15


16


17


18


19


Profile for HMSI ITTelkom Surabaya

SIMAGAZINE 01  

Majalah seputar isu teknologi dan inovasi kampus yang dibuat khusus oleh Departemen Kominfo Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi IT Telkom Su...

SIMAGAZINE 01  

Majalah seputar isu teknologi dan inovasi kampus yang dibuat khusus oleh Departemen Kominfo Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi IT Telkom Su...

Advertisement

Recommendations could not be loaded

Recommendations could not be loaded

Recommendations could not be loaded

Recommendations could not be loaded