Page 1

UPCOMING (JANUARI)

27 00 00 28 29 00 00 30 00 31 00 1 00 2

3 10 17 24 4 11 18 25 5 12 19 26 FOG 6 13 20 FOG FKA 7 14 8 15 22 9 16 FOG Futsal

Elektro vs D3 Mesin

(Fasilitator Kakak TI vs Elektro Asuh)

Basket

Kunjungan Wirausaha E-BP

Final E-BP

Tarik Tambang TI vs Elektro

(Electrical Bussines Plan)

ENGLISH CORNER Playing a musical instrument has been known to raise a person’s IQ by as much as 5 points. Bermain alat musik terbukti dapat menaikkan IQ seseorang sebanyak 5 poin.

-English Development Program

VOIP

KUNJUNGAN IKA ELITS, IME UI, DAN HME ITB

VIKTORIPRESS

P I O V Edisi #17 | Februari 2014

Tim Redaksi :

Articles at WEB Full hima.ee.its.ac.id

Pimpinan Redaksi : Bima Bramantiya P Penanggung Jawab : M. Afthon Reporter : M. Fajar Rinaldi, Monica Regina E., Moh. Aziz, Aditya Rifa Editor : Nungki Dian, Hanif Fermanda Desain : Theo Wiranadi, Diaz Ficry Arfianto, David Cesar

!

Like us

facebook.com/himatektro

Follow us

twitter.com/himatektro_ITS

Join us in Maillist milis.himatektro-its.org

Subscribe

youtube.com/himatektroits

Setelah cukup lama berlibur, Voip kembali hadir untuk anda. Awal minggu perkuliahan ini kita isi dengan berbagai macam info menarik. Bagaimana menurut anda? Kirimkan komentar dan saran ke nomor berikut ini: 0857 3277 3990 Bima 0878 5173 8188 Theo

Pada saat liburan semester ganjil kemarin (20/1/2013), Himatektro ITS mengadakan kunjungan ke IKA ELITS yang berlokasi di Jakarta dan mengadakan studi komparasi Ormawa ke IME UI dan HME ITB. Tujuan dari mengadakan kunjungan ini adalah menjalin tali silaturrahim dan berdiskusi tentang permasalahan – permasalahan yang ada di Himatektro ITS. Sesampainya di Jakarta, Himatektro ITS menuju ke tempat pertemuan IKA ELITS yang berlokasi di SCTV Tower. Dalam pertemuan tersebut dari pihak IKA ELITS terdapat Cak Tanu, Cak Rahmat, Cak Hadi, Cak Imron, dan yang lainnya, sedangkan dari pihak Himatektro ITS terdapat kabinet dan EE Event. Disana kami berdiskusi tentang EE Event, kondisi JTE sekarang (adanya JTE &TMJ), majalah SILIKON, inisiasi pembentukan ikatan alumni elektro seIndonesia dan lain-lain. Hasil diskusi dari pertemuan tersebut untuk EE Event sendiri mendapatkan tantangan dari IKA ELITS dengan tujuan agar Event tahun ini bisa berjalan lebih baik lagi. Lalu kami juga sempat bertanya tentang jurusan TMJ yang baru saja terbentuk tahun ini. Pendapat dari pertemuan IKA ELITS kemarin adalah ketika terbentuknya jurusan TMJ yang masih berada di bawah nama Elektro, mereka menerima TMJ menjadi bagian dari IKA ELITS nantinya. Karena tujuan dari terbentuknya jurusan TMJ adalah untuk membesarkan nama elektro, bukan memisahkan diri. Selanjutnya ketika membahas tentang majalah SILIKON, dari pihak IKA ELITS mengharapkan bahwa majalah SILIKON dapat menjadi media yang bisa menghubungkan tiga pilar (Jurusan, Alumni, Mahasiswa). Sehingga dengan adanya majalah SILIKON dari mahasiswa, dosen, dan alumni dapat terlibat didalamnya dan membesarkan nama Elektro bersama – sama.

Lanjut ke halaman berikutnya.


KUNJUNGAN IKA ELITS, IME UI, DAN HME ITB LANJUTAN Setelah bertemu dengan IKA ELITS, kami melanjutkan kegiatan dengan studi komparasi Ormawa IME UI (Ikatan Mahasiswa Elektro UI) yang berlokasi di Depok. Periode Kepengurusan di IME UI ternyata berbeda dengan Himatektro ITS. Kabinet IME UI dipegang oleh angkatan 2012 dengan Kepengurusannya yang baru dimulai dari bulan Januari kemarin. Salah satu hasil diskusi yang menarik dari IME UI adalah mereka memiliki bidang Kastrat (Kajian Strategis) didalamnya. Menurut mereka Kastrat merupakan hal yang penting, karena hal tersebut menjaga dinamisasi kampus khususnya untuk para Mahasiswa. Selanjutnya kami mengadakan studi komparasi Ormawa HME ITB (Himpunan Mahasiswa Elektro ITB) yang berada di Bandung. Kepengurusan HME ITB dipegang oleh angkatan 2013 yang dimulai dari bulan Januari. Sama halnya dengan kunjungan ke IME UI, kami berdiskusi tentang kegiatan – kegiatan yang ada di Ormawa masing – masing. Hal yang menarik dalam kepengurusan mereka adalah HME ITB ternyata memiliki fungsionaris yang terdiri dari tiga jurusan yakni Elektronika, Telekomunikasi, Power. Alasan kenapa mereka hanya memiliki satu himpunan dalam tiga jurusan adalah meskipun mereka berbeda jurusan, tetapi mereka ingin membesarkan nama Elektro dan menjaga kekeluargaan didalamnya. Mungkin hal ini dapat menjadi referensi untuk Himatektro ITS apabila memang tujuan kedepannya untuk menyatukan jurusan teknik elektro dan TMJ agar kekeluargaannya tetap terjaga. Tetapi sebelum hal tersebut terjadi masih banyak kajian – kajian yang harus dilakukan lagi. (AF)

OPEN TENDER BAKTI SOSIAL

BARU DI KAMPUS Sudah setahun berjalan, apa saja sih yang berubah di kampus kita tercinta? Berikut cuplikan foto tempat-tempat yang berubah di Elektro ITS.

Tanggal 15-16 Februari 2014, telah dilaksanakan kegiatan Open Tender Bakti sosial oleh Mahasiswa Baru Teknik Elektro dan Teknik Multimedia Jaringan angkatan 2013. Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk menjaring ide-ide mereka dalam kegiatan Bakti Sosial dengan mempresentasikan ide mereka dihadapan beberapa juri. Dibagi dalam 22 kelompok, Mahasiswa Baru Teknik Elektro dan Teknik Multimedia Jaringan angkatan 2013 ini berlomba memikirkan berbagai ide unik untuk dipresentasikan. Ide yang nantinya terpilih akan direalisasikan oleh angkatan mereka dan Mahasiswa Teknik Elektro angkatan diatas mereka. Open Tender ini dimenangkan oleh kelompok 11. Diketuai oleh Rizky Nafiar, 2212100028, Ide dari kelompok yang dinamakan Amplifier ini adalah melakukan pelatihan yang berbau keprofesian. Berhubung ini adalah Jurusan Teknik Elektro, mereka membuat ide yang berbau keprofesian elektro tentunya. Salah satunya yang mereka presentasikan adalah mengajak anak-anak panti asuhan membuat lampu hias dan senter mini. Kegiatan ini akan dilaksanakan tanggal 9 Maret 2014. Untuk itu diharapkan warga elektro sekiranya membantu kegiatan ini berjalan dengan lancar karena sebagai angkatan yang lebih tua pasti lebih berpengalaman dan banyak membantu Mahasiswa Baru Teknik Elektro dan Teknik Multimedia Jaringan Angkatan 2013. (HF)

FUN FACT! Separuh dari panel surya yang diproduksi di seluruh dunia digunakan di Jepang untuk memenuhi kebutuhan energi sektor perumahan mereka.

Ini gazebo bukan ya? Ini musholla baru lho di Teknik Elektro. Tempat wudhlunya ada di dekat gazebo ini. Sudah pernah sholat disini belum?

Ruang gamelan yang baru. Ternyata selama liburan, sudah banyak perubahan yang terjadi di kampus kita. Tahu nggak kalau parkiran motornya sudah jadi lebih luas dari yang dulu lho. Ada juga sekretariat Teknik Multimedia Jaringan. Papan Prodi Teknik Multimedia Jaringan juga sudah dipasang. Selama setahun sudah banyak perubahan. Banyak juga isu-isu yang beredar akan munculnya prodi baru seperti Teknik Biomedika. Apakah ditahun berikutnya Teknik Elektro akan benar-benar jadi Fakultas? (HF)

LCEN 2014 Kalau punya inovasi di bidang elektroteknik, kenapa nggak daftar di LCEN 2014 aja? lcen-its.org Lomba.Cipta.Elektroteknik.Nasional @LCEN_ITS

Voip bulletin #17 edisi februari 2014  

Victory Press Bulletin Edisi 17 bulan Februari 2014 Himatektro ITS

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you