Page 1

UPCOMING (JANUARI) SIDANG TUGAS AKHIR SIDANG EVALUASI AKHIR SEMESTER EVALUASI TUGAS AKHIR SIDANG TUGAS AKHIR SEMESTER EVALUASI AKHIR AKHIR SIDANG TUGAS AKHIR SEMESTER EVALUASI AKHIR SEMESTER SIDANG TUGAS AKHIR SIDANG EVALUASI AKHIR SEMESTER EVALUASI TUGAS AKHIR SIDANG TUGAS AKHIR SEMESTER EVALUASI AKHIR AKHIR SIDANG TUGAS AKHIR SEMESTER EVALUASI AKHIR SEMESTER SIDANG TUGAS AKHIR SIDANG EVALUASI AKHIR SEMESTER EVALUASI MAULID TUGAS AKHIR SIDANG TUGAS AKHIR SEMESTER EVALUASI AKHIR NABI AKHIR SIDANG TUGAS AKHIR SEMESTER EVALUASIMUHAMMAD AKHIR SEMESTER SIDANG TUGAS AKHIR SIDANG EVALUASI AKHIR SEMESTER EVALUASI SAW TUGAS AKHIR SIDANG TUGAS AKHIR SEMESTER EVALUASI AKHIR AKHIR SIDANG TUGAS AKHIR SEMESTER EVALUASI AKHIR SEMESTER TAHUN SIDANG TUGAS AKHIR SIDANG EVALUASI AKHIR SEMESTER EVALUASI BARU TUGAS AKHIR SIDANG TUGAS AKHIR SEMESTER EVALUASI AKHIR 2014 AKHIR SIDANG TUGAS AKHIR SEMESTER EVALUASI AKHIR SEMESTER SIDANG TUGAS AKHIR SIDANG EVALUASI AKHIR SEMESTER EVALUASI TUGAS AKHIR SIDANG TUGAS AKHIR SEMESTER EVALUASI AKHIR AKHIR SIDANG TUGAS AKHIR SEMESTER EVALUASI AKHIR SEMESTER SIDANG TUGAS AKHIR SIDANG EVALUASI AKHIR SEMESTER EVALUASI TUGAS AKHIR SIDANG TUGAS AKHIR SEMESTER EVALUASI AKHIR AKHIR SIDANG TUGAS AKHIR SEMESTER EVALUASI AKHIR SEMESTER TAHUN SIDANG TUGAS AKHIR SIDANG EVALUASI AKHIR SEMESTER EVALUASI BARU TUGAS AKHIR SIDANG TUGAS AKHIR SEMESTER EVALUASI AKHIR IMLEK AKHIR SIDANG TUGAS AKHIR SEMESTER EVALUASI AKHIR SEMESTER 2565 SIDANG TUGAS AKHIR SIDANG EVALUASI AKHIR SEMESTER EVALUASI TUGAS AKHIR SIDANG TUGAS AKHIR SEMESTER EVALUASI AKHIR AKHIR SIDANG TUGAS AKHIR SEMESTER SIDANG TUGAS AKHIR SIDANG TUGAS AKHIR SIDANG TUGAS AKHIR

30 00 00 31 00 00 2 00 3 00 4 00 5

27 21 28 7 8 15 22 29 9 16 23 30 10 17 24 11 18 25 1 12 19 26 2

VOIP

EVALUASI AKHIR SEMESTER

V I K TO R I P R E S S

P I O V Edisi #16 | Januari 2014

Tim Redaksi :

Pimpinan Redaksi : Bima Bramantiya P Penanggung Jawab : M. Afthon Reporter : M. Fajar Rinaldi, Monica Regina E., Moh. Aziz, Aditya Rifa Editor : Nungki Dian, Hanif Fermanda Desain : Theo Wiranadi, Diaz Ficry Arfianto, David Cesar

!

Articles at WEB Full hima.ee.its.ac.id Like us

facebook.com/himatektro

Follow us

twitter.com/himatektro_ITS

Join us in Maillist milis.himatektro-its.org

Subscribe

youtube.com/himatektroits

Dalam rangka menyambut tahun baru 2014, tim redaksi VOIP mempersembahkan buletin dengan tampilan baru, dan artikel yang lebih menarik dan bermanfaat. Bagaimana menurut anda? Kirimkan komentar dan saran ke nomor berikut ini: 0857 3277 3990 Bima 0878 5173 8188 Theo

Tidak terasa, semester gasal 2013-2014 akan berakhir. Dalam hitungan hari, mahasiswa ITS akan mejalani Evaluasi Akhir Semester. Untuk membantu mempersiapkan EAS, tim redaksi VOIP berbincang dengan Mas Ardiansyah, mahasiswa angkatan 2011 dengan IPK 3,86, yang mana adalah terbaik di angkatannya.Berikut adalah rahasia belajar yang ia paparkan.

Q: Mas Ardiansyah mulai mempersiapkan EAS sejak kapan? A: Sama saja, sering ngebut H-1, tapi yang paling penting sudah belajar sedikit demi sedikit jauh hari sebelum EAS. Q: Mempersiapkan EAS dengan cara apa saja mas? A: Baca buku diktat atau e-book yang ada di silabus, lalu kerjakan soal latian tiap bab yang ada disitu. Q: Jika kesulitan belajar apa yang sering dilakukan? A: Diskusikan! Diskusi membuat pikiran terbuka dan cepat belajar. Q: Menjelang EAS, kegiatan yang lain apakah diabaikan? A: Tetap aktif dan membagi waktu, Kiat saya adalah kurangi hal tidak penting seperti tidur terlalu lama, main PES, dan cangkrukan. Q: Dalam belajar apakah pernah mengalami penurunan motivasi? Lantas apa yang dilakukan untuk mengatasi? A: Pernah, yang saya lakukan habis sholat 5 waktu lakukan iktikaf atau renungan sambil berdzikir, insyaallah perasaan jadi tenang. Q: Terakhir, adakah pesan atau saran untuk rekan-rekan mahasiswa yang akan menjalani EAS? A: Jalani dengan syukur dan semangat. Tingkatkan passion anda!

Nah, itu rahasia dan kiat belajar ala Mas Ardiansyah, semoga dapat berguna dalam menjalani EAS. Tim redaksi mewakili HIMATEKTRO mengucapkan selamat menjalani EAS, tetap semangat, mainkan dan habisi! (AR, TW)


TMJ : MAU DIBAWA KEMANA? Kamis, 12 Desember 2013 lalu tim redaksi mengunjungi Sekretariat Teknik Multimedia dan Jaringan, sebuah sekretariat dimana langkah awal Jurusan Teknik Elektro ITS untuk menjadi fakultas dimulai. Pada kesempatan tersebut, tim redaksi berbincang - bincang dengan Bapak I Ketut Eddy Purnama, Kepala Program Studi TMJ sekaligus Sekretaris Jurusan Bidang Akademik Jurusan Teknik Elektro ITS. Menurut beliau, sudah direncanakan bahwa Jurusan Teknik Elektro ITS akan berubah menjadi fakultas pada tahun depan, dengan 2 jurusan didalamnya yaitu Teknik Elektro dan Teknik Multimedia dan Jaringan. Prodi TMJ sendiri layak mendapat perhatian. Walaupun masih Progam Studi, namun TMJ sudah diakui sebagi jurusan oleh ITS dan DIKTI. "Bayangkan saja, dalam SBMPTN kemarin dua ribu lebih orang memperebutkan lima puluh kursi mahasiswa pertama TMJ, dan itu peringkat pertama peminat terbanyak seITS." tutur beliau. Lalu apa yang membedakan TMJ dengan Teknik Informatika di ITS? Menurut Pak Ketut, ilmu komputer sejatinya bersumber dari elektro. Teknologi komputer akan terus berkembang, sementara software-nya akan mengikuti teknologi itu. Jadi, bila informatika lebih mendalami piranti lunak, TMJ mempelajari keseleruhan komputer, mulai dari basic computer hingga softwarenya. Oleh karena itu mahasiswa TMJ masih belajar banyak mengenai elektronika untuk mengerti komputer. Lantas, TMJ terbagi menjadi bidang studi Game Tecnology, Telematika, Sistem Rumpun Hardware dan Programming Assembly. Lebih lanjut lagi, prospek lahan kerja dari TMJ cukup banyak. pada semua bidang yang membutuhkan komputasi atau dibutuhkan lulusan informatika, lulusan TMJ juga bisa bekerja disana. Sebagai penutup, ketika ditanya apa mimpi TMJ kedepannya, Pak Ketut menjawab bahwa TMJ adalah bagian dari teknik elektro dan akan tetap begitu seterusnya. Pada akhirnya, beliau juga bermimpi agar Teknik Multimedia dan Jaringan ini semakin dikenal lagi oleh masyarakat umum. (HF/TW)

ELECTRA 2013

Bulan Desember 2013 lalu serangkaian kegiatan Electrical Competition, Tour, and Rally, atau Electra 2013 terlaksana. Electra adalah acara tahunan yang diselenggarakan oleh Jurusan Teknik Elektro ITS yang berisi serangkaian lomba akademik untuk siswa SMA dan sederajat. Berbeda dengan sebelumnya, Electra 2013 hadir di 12 region. Babak penyisihan pada 15 Desember 2013 dilaksanakan serempak di Surabaya, Mojokerto, Malang, Madiun, Kediri, Jember, Madura, Bandung, Semarang, Jogjakarta, Jakarta, dan Bali. Lima hari setelahnya, 20 Desember 2013 di JTE-ITS, 30 tim terbaik dari 500 tim peserta bersaing dalam babak semifinal. Pada tahap tersebut dilakukan tur ke sepuluh laboratorium di Elektro ITS, dilanjutkan rally pengerjaan soal dari materi yang telah disampaikan oleh para asisten lab. Lantas, 5 tim dengan nilai tertinggi bersaing pada acara puncak final electra 2013 di PT. Pembangkit Jawa Bali Gresik pada 22 Desember 2013. Pada kesempatan tersebut, PT PJB Gresik memberikan materi final, sekaligus mengajak peserta melihat langsung plant PLTGU. Setelah itu diadakan cerdas cermat dan presentasi analisa masalah yang dijuri langsung oleh PT PJB Gresik. Pada akhirnya, Tim Lagrange, Tim Lalala, dan Tim Volt dari SMA Petra 2 berhasil meraih juara 1, 2. dan 3 dan memborong Piala Gubernur, Piala Walikota, dan Piala Rektor, berikut sertifikat dan uang tunai. “Alhamdulillah Electra 2013 berakhir lancar! Terimakasih buat semua pihak yg sudah terlibat dan mendukung acara ini", komentar Alief Amanullah, komting e-52 sekaligus panitia electra 2013. (TW)

PROFIL

Pada halaman depan VOIP tadi dibahas mengenai tips dan trik menghadapi UAS dari Mas Ardiansyah. Namun mungkin masih ada yang belum familiar dengan Mas Ardiansyah. Mas Ardiansyah adalah seorang mahasiswa JTE ITS reguler angkatan 2011, yang memiliki IPK terbaik di angkatannya, yakni 3,86. Sedangkan untuk IPS, selama 4 semester IPSnya tidak pernah kurang dari 3,70. Namun jangan salah, dengan akademik tinggi, Mas Ardiansyah juga aktif di berbagai kegiatan. Salah satunya adalah di Klub Keilmiahan. "Saya ingin ikut membantu teman teman dan menciptakan atmosfer keilmiahan di ITS" tuturnya. Selain itu, ia juga manjadi bagian dari Kajian Islam Teknik Elektro ITS, dan pada 2012-2013 ia menjadi anggota kementerian ristek BEM ITS. Selain organisasi, Mas Ardiansyah juga aktif mengikuti berbagai lomba. Yang paling baru dan hangat diperbincangkan adalah Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2013. Ia bersama rekannya Ady Prasetiyawan dan Wahyudi Wicaksono meraih juara Pertamina Project Sains Produk Unggulan. Mas Ardiansyah mengakui, seringkali melalui lomba ia mendapat pengalaman lebih. Saat OSN Pertamina kemarin, ia banyak belajar tentang perusahaan Per tamina dan usahanya membangkitkan industri energi di Indonesia. "Pengalaman lain yang menarik tentu karena bisa bertemu orang-orang hebat dari berbagai suku dan golongan di Indonesia", terangnya. Pada akhirnya, walaupun sering menang Mas Ardiansyah juga kerap gagal mencapai target. Namun ia menyikapi kegagalan dengan dewasa. "Kemenangan sejati bukanlah gelar diatas panggung, tapi orang yang paling kuat bangkit dari kegagalan" ujarnya mengakhiri. (AR,TW)

Voip bulletin #16 edisi januari 2014  

Victory Press Bulletin Edisi 16 bulan Januari 2014 Himatektro ITS

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you