Page 1


Table of Contents 02

03

06

07

Table of Contents

Kata Pengantar

Sejarah Jurusan Ilmu Komputer

Dosen Ilmu Komputer

Kata Pengantar HIMALKOM, kita satu terus maju!

08

10

12

13

Prestasi dari Kader Ilmu Komputer

Himalkom Elixir Generation

Sejarah Himalkom

Dinas-Dinas Himalkom Elixir Generation

14

22

24

26

Deskripsi Dinas Himalkom Elixir Generation

Dokumentasi Himalkom

Kutipan Himalkom

Biografi Tokoh IT

@ncm3356b

28

30

31

32

Artikel tentang IT

Top 10 Musics

TTS

Tips Komputer

@himalkom_unri

himalkomunri.org

HIMALKOM FMIPA UNRI

fmipaurhimalkom@gmail.com

HALAMAN 2

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah Swt. atas segala nikmat dan hidayah yang diberikan, sehingga Ilkom’s Magz ini dapat terselesaikan. Majalah Ilkom’s Magz adalah salah satu program kerja yang ditaja oleh Dinas Informasi dan Komunikasi HIMALKOM FMIPA UNRI yang diharapkan dapat menjadi sarana untuk mempublikasikan karya tulis mahasiswa Jurusan Ilmu Komputer serta perkembangan Jurusan Ilmu Komputer UNRI baik dalam internal maupun eksternal. Dalam penyusunan Ilkom’s Magz, seluruh tim redaksi memohon maaf apabila terdapat kekurangan dalam penulisan. Tim redaksi mengharapkan teguran, saran dan kritik untuk Majalah blablabla yang lebih baik lagi. Akhir kata, Tim Redaksi mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyusunan dan pembaca Majalah Blablabla. Semoga majalah ini bermanfaat dan dapat menginspirasi para pembaca.

Salam hangat, Tim Redaksi.


Himalkom presents

about Ilmu Komputer


Dosen Ilmu Komputer Jurusan Ilmu Komputer Jurusan Ilmu Komputer FMIPA Universitas Riau secara resmi berdiri berdasarkan SK Rektor Universitas Riau Nomor: 1217/ UN19/KL/2016 pada tanggal 19 Desember 2016. Izin ini didasarkan pada persetujuan pembentukan Jurusan Ilmu Komputer pada FMIPA Universitas Riau dari Direktur Jenderal Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 2019/C/KL/2016 pada tanggal 31 Oktober 2016. Jurusan Ilmu Komputer FMIPA Unri memiliki dua program Studi, yaitu: 1. Manajemen Informatika (D3), berdiri tahun 2002. 2. Sistem Informasi (S1), berdiri tahun 2014. Pada awalnya, kedua program studi tersebut diatas berada dibawah Jurusan Matematika FMIPA Universitas Riau.

Aidil Fitriansyah, S.Kom., M.I.T aidil.fitriansyah@lecturer.unri.ac.id

al.aminuddin@lecturer.unri.ac.id

Al Aminuddin, S.T., M.Sc.

Alfirman, S.Kom., M.Kom.

Evfi Mahdiyah, S.Kom., M.I.T

Dr. Elfizar, S.Si., M.Kom.

Fatayat, S.Kom., M.Kom. fatayat@lecturer.unri.ac.id

gita.sastria@lecturer.unri.ac.id

Ibnu Daqiqil ID, S.Kom., M.T.I

Joko Risanto, S.Kom., M.Kom.

Dr. Muhammad. Nasir, S.Si., M.Kom.

Riki Ario Nugroho, S.Si., M.Kom.

Roni Salambue, S.Kom., M.Si.

Drs. Sukamto, M.Kom.

Dr. Yanti Andriyani, S.T., M.TI

Zaiful Bahri, S.Si., M.Kom.

evfi.mahdiyah@lecturer.unri.ac.id

ibnu.daqiqil@lecturer.unri.ac.id

roni.salambue@lecturer.unri.ac.id

alfirman@lecturer.unri.ac.id

izars@yahoo.com

joko.risanto@lecturer.unri.ac.id

@lecturer.unri.ac.id

muh_nasir23@yahoo.com

yanti.andriyani@lecturer.unri.ac.id

HALAMAN 7

Astried, S.Kom., M.Kom. astried@lecturer.unri.ac.id

Gita Sastria, S.T., M.I.T

riki.ario@lecturer.unri.ac.id

zaiful_br@yahoo.co.id


Prestasi dari Kader Ilmu Komputer

Suripman - Sistem Informasi 2017 Juara 2 History Cup se-FKIP dan FMIPA Universitas Riau 2018 Juara 3 Voli Putra se-FKIP dan FMIPA Universitas Riau 2019

Sovia Sandi Natasa - Manajemen Informatika 2019 Juara 2 O2SN Cabang Olahraga Pencak Silat Tingkat Kabupaten

Syuja Rafif Nesty - Sistem Informasi 2019 Yoris Yordiansyah - Sistem Informasi 2018 Juara 2 Lomba Film Dokumenter Juara 1 LKS SMK Bidang 2D Animation Perpustakaan Nasional Bung Hatta Tingkat Kabupaten 2018 Bukittinggi 2018 Juara 2 Film Pendek FLS2N Tingkat Provinsi 2018 Dendi Renaldo Permana - Sistem Informasi Juara 3 Film Pendek FLS2N Tingkat Provinsi 2019 2018 Juara 3 LKS (Lomba Kompetensi Keahlian SMK) IT Network Systems Administrator Claudia Sibarani - Manajemen Informatika Tingkat Kota Batam 2018 2019 Juara 4 HMTI (Himpunan Mahasiswa Teknik Juara 1 Lomba Paduan Suara: Dumai Informatika) Network Configuration Tingkat National Choir Festival 2017 Kategori Paduan Provinsi Kepulauan Riau 2018 Suara Muda Sertifikat Profesi Junior Programming dari Juara 1 Lomba Paduan Suara: Dumai BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) National Choir Festival 2018 Kategori Paduan Sertifikat Profesi Junior Web Developer Suara Muda (Pelatihan Digital Talent Juara 2 Lomba Paduan Suara: Magnificum Scholarship 2019) dari Kemenkominfo Et Bonum Medan Juara 1 Lomba Paduan Suara: HUT TNI di M. Ichlasul Afif - Sistem Informasi 2019 Duri se-Kecamatan Mandau-Pinggir Juara 3 FLS2N Cabang Desain Poster Tingkat Kabupaten Pasbar 2018 Hakinen - Manajemen Informatika 2019 Juara 1 PUBG Smekda InvitationalT Championship 2019 (Antar Sekolah) Tingkat Samsudin Tumanggor - Sistem Informasi Kabupaten/Kota 2019 Osu!Standard RoadToWorldCup Harapan 1 Syarhil Qur’an MTQ Tingkat Champioship Winner Team (Indonesia) Kabupaten 2017 Osu!Mania4k Intermediate Championship Aditia Anhar - Sistem Informasi 2019 Runner-up Team (Indonesia) Juara 1 FLS2N Seni Kriya Tingkat Kota Raja Rafiq Al Ikhsan - Sistem Informasi 2019 Juara 3 Lomba Nasyid Gema Muharram Juara 3 Robotik MLTC Tingkat Kota

HALAMAN 8

about Himalkom


Himalkom

Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komputer Periode 2019/2020 - Elixir Generation


Dinas-Dinas Himalkom

Himalkom Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komputer

H H

impunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komputer atau disingkat Himalkom merupakan salah satu himpunan mahasiswa jurusan yang berada di FMIPA Unri. Himalkom merupakan salah satu organisasi intrakampus yang berfungsi mewadahi mahasiswa Jurusan Ilmu Komputer maupun seluruh civitas akademika Program Studi D3 Manajemen Informatika dan S1 Sistem Informasi. Keberadaan himpunan mahasiswa ini berdasarkan prinsip “Dari, Oleh, dan Untuk Mahasiswa.� Himalkom FMIPA Unri merupakan wadah bagi mahasiswa Jurusan Ilmu Komputer untuk mengembangkan pola pikir, potensi, dan kepribadian yang berkaitan dengan disiplin ilmu agar siap terjun ke masyarakat. Himalkom FMIPA Unri sendiri di resmikan pada 7 Mei 2017 setelah melalui proses yang cukup panjang. Sejak berdirinya program studi Manajemen Informatika di FMIPA pada tahun 2002 yang kemudian saat ini menjadi bagian dari Jurusan Ilmu Komputer bersama program studi Sistem Informasi, himpunan ini telah melalui pergantian nama hingga kini dikenal dengan Himalkom FMIPA Unri.

Periode 2017/2018 Ketua Umum

Semenjak diresmikan Himalkom FMIPA Unri telah melalui tiga periode, yakni Generasi Coaxial, Generasi Ruby, dan kini Himalkom FMIPA Unri pada periode ketiga memiliki nama Generasi Elixir. Generasi Elixir di gambarkan dengan berlian elixir dan burung serindit. Himalkom FMIPA Unri menggunakan metafora berlian yang melambangkan suatu bahasa pemrograman yang dikenal memiliki kemampuan resiliensi yaitu kemampuan organisasi untuk menghadapi, mencegah, meminimalisir, dan menghilangkan dampak-dampak yang merugikan. Selain itu juga menggunakan metafora burung serindit yang dikenal sebagai burung khas Provinsi Riau, secara utuh melambangkan semangat, enerjik, dan kontinuitas gerakan mengejar prestasi untuk memberikansesuatu yang terbaik. Warna yang ditetapkansebagai warna dasar adalah warna ungu yang melambangkan keakraban, rasa aman, kebijaksanaan, dan mampu memberikan pikiran dan imajinasi seseorang dalam suatu organisasi. Gradasi pada warna dasarnya melambangkan menyatunya masyarakat Ilmu Komputer untuk bersama-sama menjadikan Jurusan Ilmu Komputer lebih baik dan dikenal.

Periode 2018/2019

Periode 2019/2020

Hendra Yorman Syah

Aidrin Ari Sanjaya

Ketua Umum

Bupati Mahasiswa

Wakil Ketua Umum

Wakil Ketua Umum

Wail Bupati Mahasiswa

Anggara Zhuri Rahman

Bima Dwi Waryan

HALAMAN 12

Ridwan Arif

Deki Arnando


INTI

ADVO

Pengurus

Dinas

Inti

Advokasi

Pengurus Inti adalah orang-orang yang bertanggungjawab untuk memimpin, mengkoordinasi, mengingatkan, mengatur jalannyaadministrasi, dan mengelola keuangan, serta mengontrol kinerja setiap dinas, agar tetap terarah dan terstruktur. Inti himalkom di dalamnya terdapat Bupati Mahasiswa, Wakil Bupati Mahasiswa, Sekretaris Umum dibantu dengan tiga Staf Ahli, yaitu Staf Ahli Protokoler, Staf Ahli Arsip Data, dan Staf Ahli Rumah Tangga, serta Bendahara Umum.

Dinas Advokasi merupakan dinas yang bertanggung jawab dalam menampung dan menyuarakan setiap aspirasi dan pengaduan mahasiswa Ilmu Komputer FMIPA Unri serta bertanggung jawab mengamati segala prosedur agar berjalan dengan sebagaimana mestinya. Dinas Advokasi memiliki dua biro, yaitu Biro Kajian dan Biro Pengaduan.

HALAMAN 14

HALAMAN 15


DANUS

INFOKOM

Dinas

Dinas

Dana dan Usaha

Informasi dan Komunikasi

Dinas Dana dan Usaha adalah dinas yang bertujuan untuk membuat kewirausahaan yang dapat membantu penambahan dana di himalkom agar lebih mandiri serta mengenalkan dan mengajak mahasiswa lainnya untuk berwirausaha. Dinas Dana dan Usaha memiliki dua biro, yaitu Biro Kewirausahaan dan Biro Sponsorship.

Dinas Informasi dan Komunikasi bertanggung dalam menyebarkan luaskan Informasi kepada khalayak luas terkhusus mahasiswa Ilmu Komputer melalui berbagai media, baik melalui media komunikasi visual dan jurnalistik. Serta berfungsi dalam mewadahi mahasiswa Ilmu Komputer yang ingin belajar kemultimediaan dan kejurnalistikan. Dinas Informasi dan Komunikasi memiliki tiga biro, yaitu Biro Desain Komunikasi Visual (DKV), Biro Jurnalistik, dan Biro Operasional.

HALAMAN 16

HALAMAN 17


KADER

Dinas

Kaderisasi Dinas Kaderisasi adalah dinas yang bertugas merencanakan, membentuk, membina, meng-upgrade, memposisikan dan mengevaluasi mahasiswa Jurusan Ilmu Komputer untuk menjadi kader yang berkualitas berlandaskan Pancasila dan kader yang akan melanjutkan tongkat estafet kepengurusan himalkom FMIPA Unri. Dinas Kaderisasi memiliki dua biro, yaitu Biro Internal dan Biro Eksternal

HALAMAN 18

MKO

Dinas

Minat Kesenian dan Olahraga Dinas Minat, Kesenian, dan Olahraga (MKO) adalah dinas yang menampung dan mengembangkan serta menyalurkan minat dan bakat mahasiswa aktif ilmu komputer yang berpotensi dibidang olahraga dan kesenian. Dinas Minat, Bakat, dan Olahraga (MKO) memiliki tiga biro, yaitu Biro Minat Bakat, Biro Kesenian, dan Biro Olahraga.

HALAMAN 19


PPA

Dinas

Pengembangan Potensi Akademik

SOSMAS

Dinas

Sosial Masyarakat

Dinas Pengembangan Potensi Akademik (PPA) adalah dinas yang menampung dan membantu mengembangkan bakat mahasiswa ilmu komputer dalam bidang akademis dan ilmu komputer agar mahasiswa Ilmu Komputer lebih berkompeten dan siap menghadapi kompetisi- kompetisi di dalam maupun luar universitas. Dinas Pengembangan Potensi Akademik (PPA) memiliki dua biro, yaitu Biro Akademis dan Biro IT.

Dinas Sosial Masyarakat (sosmas) merupakan dinas yang menjembatani dan membangun jiwa sosial, kemanusiaan, serta membangun relasi atau hubungan antara himalkom dengan lembaga-lembaga dan juga instansi, baik dalam maupun luar universitas riau. Dinas Sosial Masyarakat memiliki tiga biro yaitu Biro Relasi, Biro Kerohanian, dan Biro Sosial Lingkungan.

HALAMAN 20

HALAMAN 21


Dokumentasi Himalkom


“Cacian dan makian tidak akan pernah bisa dihindari dalam hidupmu. Jangan marah!Jadikan itu sebagai pelecut bagimu untuk lebih baik. Buktikan! Dan biarkan mereka dicaci dan dihina oleh perkataan mereka sendiri.” -Ridwan Arif (Bupati Mahasiswa) “Pemimpin itu mendrobrak keadaan bukan mengokohkan kemampanan. Jadilah mahasiswa yang berpikir dengan akal, bergerak dengan hati,tanpa kehilangan identitas diri. Bukan posisi yang membuat seseorang menjadi pemimpin, namun seorang pemimpinlah yang menciptakan posisi.” – Deki Arnando (Wakil Bupati Mahasiswa) “Banyak hal yang ingin engkau raih sesuai keinginanmu. Namun jangan engkau lupakan yang namanya hambatan, maka diamlah sampai ajal menjemput. Tapi jika kau berani melawan hambatan itu, maka tidak ada kata mustahil untuk meraih apa yang engkau inginkan.” – M. Rasyid Hidayatullah ( Staf Ahli Protokoler) “Milikilah hati yang selalu ikhlas agar bisa menerima kenyataan bahwa tidak semua keinginan dan harapan akan kita dapatkan. Ingatlah Tuhan selalu punya rencana-Nya sendiri. Kadang ternyata di balik segala keinginan yang kita inginkan, mungkin belum tentu baik di mata Tuhan. Tetapi bisa saja itu menjadi suatu yang indah dan baik di akhirnya. Karena kita tidak tahu apa rencana Tuhan kepada diri kita.” – Syafika Khoirunnisa (Bendahara Umum)

HALAMAN 24

about Ilkom Magz’s Contents


Bill Gates One of The Most Powerful Man in Technology William Henry Gates III atau lebih dikenal dengan nama Bill Gates dilahirkan pada 28 Oktober 1955, di Seattle, Washington. Ia adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Ayahnya William Henry Gates adalah seorang pengacara perusahaan yang punya banyak relasi di kota. Sedangkan ibunya Mary Maxwell seorang pegawai First Interstate Bank, Pacific Northwest Bell dan anggota Tingkat Nasional United Way. Bill Gates seorang anak yang cerdas, tetapi dia terlalu penuh semangat dan cenderung sering mengalami kesulitan di sekolah. Ketika berumur sebelas tahun, orang tuanya memutuskan untuk membuat perubahan pada dirinya dan mengirimnya ke Lakeside School, sebuah sekolah dasar yang bergengsi khusus bagi anak laki-laki.

Disanalah pada tahun 1968 Bill Gates untuk pertama kalinya diperkenalkan dengan dunia komputer, dalam bentuk mesin teletype yang dihubungkan dengan telepon ke sebuah komputer pembagian waktu. Dia dengan cepat menguasai BASIC, sebuah bahasa pemrograman, dan bersama dengan para hacker yang belajar sendiri di Lakeside. Dia melewatkan waktu yang lama menulis program, melakukan permainan, dan mempelajari banyak hal tentang komputer. “Dia adalah seorang eksentrik,� sebagaimana salah seorang guru memberikannya julukan itu. Bill Gates menempuh kuliah di Harvard University di Cambridge mulai tahun 1975. Di sana ia bertemu dengan Paul Allen sewaktu sekolah bersama-sama. Bersama Paul Allen, Bill Gates terus mengembangkan talentanya di bidang pemograman komputer. Namun, Bill gates memutuskan keluar untuk menyumbangkan waktunya ke Microsoft. Melalui usaha kerasnya, perusahaan yang ia dirikan yang bernama Microsoft Corporation menjadi sukses dan Bill Gates melambung menjadi seorang jutawan. Di tahun 1990 Bill Gates sukses merilis sistem operasi yang sangat sukses di pasaran dunia. Namun, Bill Gates juga mendapat reputasi yang tidak baik dalam karirnya. Tidak hanya satu kali, bahkan ia melakukan beberapa kali kesalahan dalam bisnis perangkat lunaknya. Pada awal tahun 2008, Bill Gates memutuskan untuk mengundurkan diri dari

dari manajemen Microsoft dan mengkonsentrasikan diri pada kerja kedermawanan melalui yayasan sosial yang didirikannya, yaitu Bill dan Melinda Gates Foundation. Dalam kehidupan peribadinya, Gates menikah dengan Melinda French pada 1 Januari 1994. Mereka mempunyai tiga orang anak, Jennifer Katherine Gates (1996), Rory John Gates (1999) dan Phoebe Adele Gates (2002). Dalam Biografi Bill Gates diketahui bahwa ia dengan istrinya, Bill Gates telah mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation, yang merupakan sebuah Yayasan Sosial yang memperhatikan pederita AIDS, beasiswa bagi universitas-universitas dan kepedulian pada dunia ketiga. Di tahun 1999 koran Washington Post memberitakan bahwa “Gates telah menyatakan bahwa dia memutuskan untuk menyumbangkan $5 milyar kepada organisasi mereka. Hal itu tentu tidak mengherankan karena menurut survei Majalah Forbes, Bill Gates selalu menjadi orang terkaya di dunia berturut-turut selama tahun 1996 – 2004 dengan jumlah $ 90 Milyar. Dengan perjuangan dan tekad yang keras kini Bill Gates telah menggapai cita-citanya. Untuk mencapai kesuksesan memang diperlukan pengorbanan dan perjuangan yang berat, namun usaha keras dan sikap pantang menyerah Bill Gates telah membuahkan hasil yang dapat ia nikmati saat ini. Berturut-turut dari tahun ke tahun hingga saat ini Bill Gates bertengger diposisi satu sebagai orang terkaya di dunia.

Sumber : www.voffice.co.id


Google Pixel 4 dan Google Pixel 4 XL Resmi Meluncur Google resmi memperkenalkan jajaran smartphone terbaru buatannya. Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL resmi dirilis dalam acara tahunan “Made by Google” di New York, pada Selasa (15/10/2019) malam WIB. Keduanya mengusung fitur kontrol gestur sebagai andalan. Spesifikasi Google Pixel 4 dan Pixel 4XL hanya berbeda pada ukuran layar dan kapasitas baterainya saja. Pixel 4 memiliki ukuran layar yang tak berbeda jauh dari pendahulunya, Pixel 3XL, yakni 5,7 inci. Layar itu mampu menampilkan gambar dengan kualitas Full HD+. Sementara Pixel 4 XL dibekali dengan layar yang lebih luas, yakni 6,3 inci dengan resolusi Quad HD+. Tidak ada poni alias notch pada kedua ponsel itu. Perbedaan lain, Google Pixel 4 ditopang oleh baterai sebesar 2.800 mAh, sementara Pixel 4 XL memiliki baterai 3.700 mAh. Pada bagian bezel atas layar, Google menyematkan sejumlah sensor yang membawa dua fitur baru, yakni face unlock dan fitur Motion Sense. Motion Sense memungkinkan pengguna mengontrol ponsel dengan menggunakan gestur tangan, tanpa harus menyentuh smartphone tersebut. Fitur Motion Sense dibuat berdasar teknologi Project Soli yang diinisiasi Google. Dengan fitur tersebut, pengguna bisa melakukan banyak hal, seperti memilih musik, sampai menolak panggilan telepon hanya dengan lambaian tangan. Sabrina Ellis, VP of Product Management at Google mengatakan bahwa Pixel 4 memiliki face unlock tercepat, karena prosesnya sudah dimulai sebelum pengguna memegang ponsel.

“Motion sense menyiapkan kamera saat Anda menjangkau Pixel 4, jadi Anda tak perlu mengetuk layar,” tambahnya. Untuk sektor dapur pacu, Google Pixel 4 dan Pixel 4 XL samasama dibekali chipset Snapdragon 855 yang dipadankan dengan RAM 6 GB. Ada dua kapasitas penyimpanan yang bisa dipilih, yakni 64 GB dan 128 GB. Kedua smartphone ini menjadi ponsel Google pertama yang mengusung fitur dual-camera alias dua kamera belakang. Baik Pixel 4 maupun Pixel 4 XL memiliki kamera belakang resolusi 12 megapiksel dual pixel, dan 16 megapiksel telefoto. Lensa telefotonya memiliki fitur 2x hybrid zoom yang menggabungkan zoom digital dan optik. Tidak adanya lensa ultra-wide di kedua ponsel ini memunculkan pertanyaan, sebab kamera ultra-wide justru sedang banyak diadopsi, bahkan oleh iPhone 11. Google mengatakan mereka lebih memilih memberikan kamera telefoto alih-alih ultra-wide, karena menurut mereka konsumen lebih membutuhkan telefoto. Kedua kamera tersebut dibungkus dengan sebuah wadah kotak bersama dengan LED flash. Sementara kamera depan Pixel 4 dan Pixel 4 XL memiliki resolusi sebesar 8 megapiksel. Sektor keamanan kedua ponsel ini mengandalkan pemindai wajah tanpa adanya pemindai sidik jari. Dikutip KompasTekno dari The Verge, Rabu (16/10/2019), keduanya hadir dengan tiga pilihan warna, yakni hitam, putih, dan oranye. Pixel 4 dan Pixel 4 XL saat ini sudah bisa dipesan dan akan mulai dikirim kepada pembeli pada 24 Oktober. Harga Google Pixel 4 mulai 799 dollar AS (Rp 11,3 juta) dan harga Google Pixel 4 XL dijual seharga 899 dollar AS (Rp 12,7 juta).

Sumber tekno.kompas.com HALAMAN 28


TOP 10 MUSICS VERSI BILLBOARD NOVEMBER 2019

LOKAL

MANCANEGARA

1. HANYA RINDU

1. SOMEONE YOU LOVED

ANDMESH

LEWIS CAPALDI

2. CINTA KARENA CINTA

2. TRUTH HURTS

JUDIKA

LIZZO

3. CINTA LUAR BIASA

3. SENORITA

ANDMESH

SHAWN MENDES & CAMILA CABELLO

4. 100 DEGREES

4. CIRCLES

RICH BRIAN

POST MELONE

5. ADU RAYUBV

5. NO GUIDANCE

YOVIE WIDIANTO, TULUS, & GLENN FREDLY

CHRIS BROWN FEATURING DRAKE

6. TOLONG

6. PANINI

BUDI DOREMI

LIL NAS X

7. AMIN PALING SERIUS

7. HIGHEST IN THE ROOM

SAL PRIADI & NADIN AMIZAH

TRAVIS SCOTT

Mendatar

Menurun

3. Jaringan yang lebih mencakup banyak luas daripada 1. Program editor grafis vektor oleh Adobe Systems. Local Area Network (LAN).

2. Otak sistem komputer.

5. Perulangan.

8. TAK INGIN PISAH LAGI

8. RAN$OM

MARION JOLA & RIZKY FEBIAN

LIL TECCA

4. Menteri pendidikan dan kebudayaan kabinet

6. Kumpulan data yang disimpan secara sistematis di dalam komputer yang dapat diolah atau di-

7. Sistem operasi smartphone.

manipulasi menggunakan perangkat lunak untuk

8. Proses mengamankan suatu informasi dengan

menghasilkan informasi.

9. RAYU

9. BAD GUY

MARION JOLA & LALEILMANINO

BILLIE ELLISH

membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca

10. Informasi.

tanpa bantuan pengetahuan khusus.

11. Suatu perangkat komputer yang menghubungkan setiap komponen-komponen komputer agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain.

10. JIKALAU KAU CINTA

10. 10.000 HOURS

13. Generasi himalkom periode 2019/2020

JUDIKA

DAN + SHAY & JUSTIN BIEBER

15. Salah satu dinas himalkom.

HALAMAN 30

Indonesia Maju.

9. Sebuah alat untuk mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet untuk dapat menuju tujuannya. 12. Satuan data terkecil dari sistem komputer. 14. Bahasa pemrograman terpopuler.

HALAMAN 31


TIPS KOMPUTER

TIPS 1

TIPS 9

SAAT INGIN MENGHAPUS TAB YANG TIDAK PENTING PADA BROWSER, CUKUP TEKAN SCROLL PADA MOUSE

MEMBUKA TAB BARU DENGAN BROWSER DENGAN SIMPEL YAITU CUKUP DENGAN MENEKAN TOMBOL CTRL + T PADA WINDOWS ATAU COMMAND + T PADA MAC

TIPS 4

TIPS 7 JANGAN LUPA UNTUK MENGHAPUS COOKIE HISTORY KALIAN SETELAH ONLINE AGAR TERHINDAR DARI HACKER

MENGISI DAYA PADA LAPTOP AKAN LEBIH CEPAT 10-15 MENIT JIKA MENGGUNAKAN MODE PESAWAT

TIPS 6

TIPS 2

TIPS 10

TEKAN TOMBOL SHIFT + SPACEBAR MAKA HALAMAN WEB YANG SEDANG DIBUKA AKAN SCROLL KE ATAS

DESKTOP YANG KOSONG AKAN MEMBUAT KOMPUTER LEBIH CEPAT

KALIAN DAPAT MEMBUKA TASK MANAGER CUKUP DENGAN MENEKAN TOMBOL CTRL+SHIFT+ESC PADA KEYBOARD WINDOWS

TIPS 5

TIPS 8

UNTUK MENGHAPUS FILE SECARA PERMANEN CUKUP MENEKAN SHIFT+DEL TANPA HARUS MENYERET NYA KE RECYCLE BIN

JIKA TINTA HITAM PADA PRINTER HABIS, GANTI WARNA FONT PADA KALIAN MENJADI #010101 YAITU 99% WARNA ABU-ABU

TIPS 3

TIPS 11

JIKA KALIAN SAVE POWERPOINT DENGAN FORMAT .PPS MAKA POWERPOINT AKAN LANGSUNG SLIDESHOW JIKA DIBUKA

JIKA KALIAN INGIN MENDOWNLOAD VIDEO YOUTUBE, CUKUP MENAMBAH “SS” PADA LINK SEBELUM TULISAN YOUTUBE.COM


Dibuat oleh: Aisyah Mutiah Ahmiyul - Ilmu Komputer 2017

Profile for HIMALKOM FMIPA UNRI

ILKOM MAGZ  

ILKOM MAGZ  

Advertisement