Issuu on Google+

Langganan Rp 40.000/bulan Hubungi Lukman 024-74055917

EDISI 729 selasa kliwon, 17 Januari 2012 22 Shafar 1433 H Terbit 12 Halaman

Pembunuh Suporter Diburu

eS

AG

m

eT

/G

m

e RS

I TY

Redaksi Telp 024-3518359, Fax. 024-3516531 Iklan & Sirkulasi Telp 024-3516531, 91507718 Fax. 024-3516531

HA

Pelajari Rekaman CCTV Oleh abdul Mughis

kEmEnA­ ngAn Inter milan dalam Derby della madonnina semakin membuka peluang Nerazzurri untuk berburu scudetto musim ini. Inter membuat langkah besar dengan mempecundangi juara bertahan AC milan 1-0, Senin (16/1) dinihari. Raihan ini tak lepas dari tangan dingin pelatih Claudio Ranieri. Baca berita selengkapnya di halaman 11. (rif)

inter Milan gemilang

Tak pandang bulu, kepolisian kini terus memburu siapa yang melakukan penusukan terhadap suporter sepakbola di kawasan Pedurungan, sabtu malam lalu.

K

EPOlISIaN masih memburu pelaku aksi pengeroyokan yang mengakibat anggota SneX Ovik Arangga (19), warga Sidorejo, Kelurahan Cabean, Kecamatan Karangawen, Demak, tewas pada Sabtu (14/1) malam lalu. Penyelidikan masih terus dilakukan guna mengungkap siapa dalang kerusuhan. Kepolisian juga memelajari sebuah rekaman kamera CCTV dari sebuah arena futsal yang merekam tawuran tersebut. Meski belum menetapkan tersangka,

namun keterangan sejumlah saksi diyakini bakal menemui titik terang dan tinggal menunggu waktu. “Belum, belum ada tersangka. Kami masih pelajari, sejumlah saksi sudah kami periksa dan kami lakukan pendalaman,” kata Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Djihartono, kemarin. Pihaknya sangat menyayangkan bentrok suporter yang sama-sama pendukung tim PSIS itu. Dikatannya, selain penyelidikan,

Bersambung Hal 7

HARSem/INDRA PRAbAwA

Tim Inafis Polrestabes melakukan olah TKP

Ditutup, Panti Pijat Tanpa Izin

Mayat Balita Ditemukan Warga

HARSem/NINO ADISUmARTO

Panti pijat tanpa izin akan disikat

SEjumlah tempat hiburan karaoke, panti mandi uap alias panti pijat, dan hotel di wilayah Bandungan terancam akan ditutup. Pasalnya, dalam waktu dekat Pemkab Semarang akan melaksanakan Peraturan Bupati (Perbup) no 31 dan 32 tahun 2011 tentang standar operasional prosedur (SOP) hotel dan tempat hiburan.

Bersambung Hal 7 HARSem/ONO

mayat balita itu masih di kamar mayat RSUD Suwondo Kendal

PEtugaS Polres Kendal sampai kemarin masih mencari orangtua balita yang ditemukan tewas di sungai Blorong dukuh Kedungbegal, Campurejo, Boja. Balita perempuan tersebut ditemukan oleh Ahmad Nurudin (27) danMujianto (47), warga Campurejo.

Bersambung Hal 7

HARSem/INDRA PRAbAwA

Juru parkir Semarang mulai resah

Pengelolaan Parkir Semarang

Korlap protes pt CSa AncAmAn Ambruk DibyA Puri HARSem/DOK

absen harian, agar Dewan tak Dolan BaDaN Kehormatan (BK) DPRD Salatiga dan Sekwan setempat mulai memberlakukan sistem absensi harian bagi kalangan dewan untuk melihat kinerja dan kedisiplinan ngantor.

Bersambung Hal 7

SEJumLAH bangunan tua di Kota Semarang belakangan roboh. Terakhir bekas gedung bioskop Semarang Theater, menyusul rumah makan padang di Jalan Pemuda. Nah, kini ada lagi ancaman ambruk di Hotel Dibya Puri. Atap bangunan bersejarah tersebut ambrol, sebab disamping termakan usia hotel yang pernah dikelola pemerintah ini kurang terawat HARSem/INDRA PRAbAwA

romantika Antara Ayah dan Suami Endah (25), nama samaran, amat bahagia ketika hubungannya direstui orangtua. Berbunga-bunga, ia menemui Cokro (28), lelaki yang dicintainya. Namun, ternyata Cokro tidak tampak bahagia. Pasalnya, ia belum mengantongi restu orangtuanya perihal hubungannya dengan Endah. Dan ketika ia ceritakan kenyataan itu, sakitlah hati Endah. Tapi, Cokro menghibur hatinya. Ia akan tetap menikahi kekasihnya itu meski tanpa persetujuan orangtuanya. Endah tahu, kalau ia hanyalah anak seorang petani, sedangkan Cokro anak orang kaya yang punya banyak usaha. Mereka sama-sama mencintai, meski tanpa persetujuan orangtua Cokro. Merasa lelaki tidak butuh wali, ia pun menikahi Endah. Awalnya orangtua Endah melarang,

tapi mereka tidak ingin melihat anaknya menderita karena keinginannya tidak terpenuhi. Dua tahun berlalu, mereka hidup dengan kesederhanaan. Cokro tidak pernah lagi berhubungan dengan orangtuanya. Tapi beberapa bulan lalu ada orang suruhan ayahnya meminta Cokro pulang ke rumah. Dikabarkan, sang ayah sakit keras. Kepada si utusan ia mengajukan syarat. Hanya mau pulang jika istri dan anaknya boleh ikut bersamanya. Permintaan Cokro dikabulkan oleh keluarga. Ayahnya memang sakit keras, dan ia bingung harus mewariskan usahanya kepada siapa jika bukan kepada Cokro. Ternyata, itu merupakan pertemuan terakhir Cokro dengan ayahnya.

Bersambung Hal 7

Sepuluh Menit, Dua Motor hilang

Dalam waktu sepuluh menit, dua motor hilang di lokasi yang sama. Kesemua korban adalah pedagang pasar Karanganyar, dan motor mereka hilang ketika sibuk membuka kios masing-masin, saat pagi hari. Waktu kehilangan kedua motor itu hampir bersamaan. Korban pertama, Muh Sait Sarahno bin Bukori (53), warga Desa Ketanjung RT 03/RW 05, Kecamatan Karanganyar. Sekitar pukul 05.50 ia sedang membuka kios dagangannya di Pasar Karanganyar. “Selang sepuluh menit saya mau mindah parkir kendaraan, tapi motor saya sudah hilang,” aku Muh Sait. Padahal motor Honda Supra X25 hitam bernopol H-2295-TN tahun 2009, di parkir tidak jauh dari kiosnya.

Bersambung Hal 7

PENgElOlaaN parkir oleh PT Citra Setara Abadi (CSA) dikeluhkan sejumlah koordinator parkir yang tergabung dalam Paguyuban Koordinator Koordinator Juru Parkir (PKKJP) Kota Semarang. Masih dioperasikannya PT CSA dipersoalkan, sebab seharusnya rekanan Pemkot tersebut kontraknya sudah selesai pada 10 Januari.

Bersambung Hal 7


lawangsewu Jurusan Jakarta KA

Berangkat

Argo Anggrek

SmgTwg

12.00

Gambir

Argo Anggrek

Smg Twg

00.00

Argo Sindoro

Smg Twg

05.30

Argo Muria

Smg Twg

Sembrani

Gumarang

Jurusan Jakarta

Datang

Kelas

KA

Berangkat

17.54

Eks

Senja Utama

Smg Twg

20.00

Gambir

05.52

Eks

Fajar Utama

Smg Twg

08.00

P Senen

Gambir

11.25

Eks

Matarmaja

Smg Pcl

00.58

P Senen

16.00

Gambir

22.03

Eks

Brantas

Smg Pcl

19.30

T Abang

Smg Twg

23.03

Jkt Kota

05.25

Eks

Kertajaya

Smg Pcl

20.46

P Senen

Smg Twg

12.00

Jkt Kota

18.30

Eks Bis

Tawang Jaya

Smg Pcl

19.00

P Senen

Lomba Hias Rumah Meriahkan Imlek MeNYaMBut datangnya tahun baru Imlek 2563, Komunitas Pecinan Semarang untuk Pariwisata (Kopi Semawis) menggelar lomba menghias rumah. “Lomba ini terbatas untuk warga yang mempunyai rumah di tepi jalan wilayah Pecinan Kelurahan Kranggan. Lomba ini termasuk baru pertama kalinya akan digelar,” ungkap Ketua Kopi Semawis, Harjanto Halim didampingi panitia, Darmadi dan Hidayat Pranadya, ketika ditemui di kompleks Klenteng Tay Ka Sie, kemarin. Lomba bertema ‘Tahun Baru Imlek’ tersebut, menurut Halim, berhadiah piala walikota dan sepeda motor Yamaha Mio untuk juara I, serta piala dan uang masing-masing Rp 5 juta dan Rp 2,5 juta untuk juara II dan juara III. Adapun poin yang dinilai adalah keunikan, originalitas, kreativitas, serta ciri khas dekorasi tradisi Imlek Semarang tempo dulu antara lain hiasan sepasang lampion, rangkaian bunga sedap malam atau terong susu, dan tebu. “Yang dilombakan hanya bagian depan rumah. Dekorasi harus selaras dengan lingkungan sekitar dan harus mengaplikasikan efisiensi penggunaan energi,” ujarnya. Pihaknya berharap lomba ini akan diikuti banyak peserta. Bagi warga yang berminat bisa mendaftar di Sekretariat Waroeng Semawis di Jalan Gang Warung 50, batas pendaftaran hingga Kamis (19/1). Penilaian dilakukan Jumat dan Sabtu (20-21/1), dan pengumuman pemenang Minggu (22/1) malam saat penutupan Festival Imlek Semawis. Selain Lomba Menghias Rumah, Festival Imlek Semawis 2563, akan dimeriahkan penampilkan Cheng Gee (tokoh dewa dan dewi atau pahlawan legenda Tiongkok), musik yang khiem, wayang potehi, dan kuliner khas Kalimantan Barat, dan pameran batik Tidayu (Tiongkok-Dayak-Melayu). Festival dipusatkan di wisata kuliner Waroeng Semawis, Gang Warung, kawasan Pecinan, Jumat (20/1) sampai Minggu (22/1) pukul 18.00-23.00. Khusus Minggu (22/1) dimulai pukul 10.00 pagi. (sna/jos)

Pelatihan Kewirausahaan

MaJeLIS Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWC NU) Kecamatan Banyumanik menggelar Pelatihan Kewirausahaan di Banyumanik, Minggu (15/1). Dalam kegiatan itu mengundang sejumlah praktisi bisnis. “Jadilah pengusaha. Jangan pernah menganggap kemiskinan sebagai takdir. Kita harus ikhtiar dan tidak putus asa,” ujar Muhammad Bastomi, Wakil Ketua MWC NU Banyumanik yang juga distributor alat fitnes Jateng & DIY. Dalam kesempatan itu, Bastomi mengajak peserta untuk menjauhkan pikiran dari keinginan menjadi karyawan. “Kalaupun sekarang jadi pegawai atau buruh, sebaiknya agar nyambi berbisnis. Bisa dimulai kecil-kecilan atau menjual jasa tanpa modal,” tandasnya. Untuk menggali ilmu bisnis lebih dalam, Bastomi menyediakan diri memberi konsultasi bisnis dalam pelatihan tersebut dengan membentuk perhimpunan yang akan bertemu tiap Minggu pagi. “Mari mulai berbisnis. Silakan datang di ruang ini tiap Ahad pagi. Saya sediakan waktu untuk Anda ajak berkonsultasi bisnis,” tandasnya. (moi/jos)

woro-woro Sehat, Murah bersama Carrefour CaRReFOuR Srondol Banyumanik setiap hari Minggu mengadakan senam aerobik pukul 06.00 – selesai di pelataran parkir C4. Bagi pengunjung yang ingin mengikuti agenda rutin ini silahkan bergabung dan gratis.

Latihan Pagar Nusa di MaJt IKataN Pencak Silat NU Pagar Nusa Kota Semarang bekerjasama dengan Remaja Islam Masjid Agung Jawa Tengah (Risma JT), mengadakan latihan rutin pencak silat di halaman utara MAJT setiap Minggu pukul 07.00-09.00. Latihan terbuka untuk umum. Selain di MAJT, latihan rutin juga di Gedung Serba Guna NU (Eks PKB Jateng) Jl Walisongo KM 11 Karanganyar Tugu Semarang. CP: Ichwan (024-70806622/081901116622).

Jurusan Surabaya

Datang P Senen

Kelas

KA

Berangkat

Bisnis

Gumarang

Smg Twg

01.01

P Turi

14.51

Bisnis

Kertajaya

Smg Pcl

23.55

07.27

Eko

Argo Anggrek

Smg Twg

15.32

03.20

Eko

Argo Anggrek

Smg Twg

05.10

Eko

Rajawali

Smg Twg

03.02

2

selasa, 17 Januari 2012 selasa, 26 Oktober 2010 Jurusan Kediri

Jurusan Bandung

Datang

Kelas

KA

Berangkat

05.22

Eks Bis

Harina

Smg Twg

P Turi

04.40

Eko

P Turi

19.30

Eks

Blora Jaya

Smg Pcl

08.45

03.32

P Turi

07.30

Eks

Blora Jaya

Smg Pcl

17.00

08.25

P Turi

12.50

Eks

Kelas

KA

Berangkat

16.08 04.28

Eks

Brantas

Smg Pcl

Bjnegoro

12.26

Eko

Banyubiru

Smg Pcl

05.00

Bjnegoro

20.48

Eko

Banyubiru

Smg Pcl

13.00

Datang 07.30 20.35

Bdg

Jurusan Bojonegoro

Jurusan Tegal

Datang 01.01

Kelas

KA

Berangkat

07.39

Eko

Kaligung

Smg Pcl

08.35

Tegal

11.33

Bisnis

Kaligung

Smg Pcl

17.00

Tegal

19.44

Bisnis

Solo Blpn

08.11

Bisnis

Kaligung

Smg Pcl

05.55

Tegal

08.45

Eko

Solo Blpn

16.11

Bisnis

Kaligung

Smg Pcl

13.00

Tegal

16.19

Eko

Kediri

Jurusan Solo

Jurusan Jombang

Jurusan Malang

Datang

Kelas

Sumber : DAOP IV Semarang *) Jadwal sewaktu-waktu bisa berubah

Galian C Tembalang Tak Kantongi Izin 02.16

Eko

Sembrani

Smg Twg

02.21

P Turi

06.34

Eks

Matarmaja

Smg Pcl

21.29

Malang

06.31

Eko

Bangunkarta

Smg Twg

22.32

Jombang

04.56

Eks Bis

Oleh ariel Noviandri

Penambangan galian C di tembalang tidak mengantngi izin dari pemerintah daerah. untuk itu, Komisi C DPRD Kota Semarang akan memanggil pihak terkait untuk meminta penjelasan menyangkut aktivitas penambangan itu.

K

etua Komisi C DPRD Kota Semarang Zulkarnaini menyatakan, proyek galian C di Sigarbencah, Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang tidak mengantongi izin dari pemerintah daerah. Untuk itu, pihaknya akan memanggil pihak terkait meminta kejelasan aktivitas galian C. “Aktivitas penambangan harus mengantongi izin dari pemerintah. Komisi C DPRD Kota Semarang akan segera memanggil pihak terkait, guna meminta kejelasan soal aktivitas di Sigarbencah itu,” katanya saat sidak di Bukit Sigerbencah, Kelurahan Bulusan, Kecamatan Tembalang, kemarin. Dalam sidak diketahui, proyek galian C itu ditangani PT Adhi Karya dan PT Dasa Wilis Raya yang melakukan aktivitas penambangan di tanah milik Kodam IV/ Diponegoro. Menurut Zulkarnaini seharusnya kedua perusahaan penambang rekanan Kodam itu tetap mengacu aturan yang berlaku dalam menjalankan aktivitasnya. Sementara, dari dokumen yang didapat

Komisi C DPRD Kota Semarang, dua perusahaan itu hanya mengantongi surat dari Kodam yang didalamnya menyebutkan permintaan pemerataan tanah. Kenyataan di lapangan justru terjadi pemindahan tanah sehingga dewan mengindikasikan bahwa proyek itu merupakan penambangan galian golongan C. “Kenyataan yang terjadi di lapangan tidak seperti yang tertera dalam surat. Informasi yang kami dapat dari kelurahan dan kecamatan, tanah yang dikepras untuk pemerataan itu oleh penambang dibawa ke bandara (Ahmad Yani) dan perumahan Graha Estetika,” ungkap anggota Komisi C DPRD Kota Semarang, Wahid Nurmiyanto. Belum adanya izin penambangan di Sigarbencah itu dikuatkan oleh staf Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Kota Semarang Bambang Rudi. Menurutnya, hingga saat ini belum ada surat permohonan. “Sampai hari ini, belum ada surat permohonan yang masuk atas aktivitas di sini (Sigarbencah),” tegas Bambang. Hal senada juga disampaikan Lurah

HARSEM/ARiEl noviAndRi

Komisi C dPRd Kota Semarang memeriksa berkas proyek galian C didampingi Camat Tembalang Fravarta Sadman, kemarin Bulusan Daliman. Ia mengatakan, pihaknya belum mendapat pemberitahuan terkait aktivitas di Sigarbencah. “Pemberitahuan atas aktivitas itu saja tidak dilakukan kepada pihak kelurahan setempat,” ujar Daliman. Camat Tembalang Fravarta Sadman menambahkan, adanya aktivitas galian C dikeluhkan sejumlah masyarakat. “Selama ini, banyak masyarakat yang mengeluhkan, karena banyak sisa tanah dari truk proyek yang melintas.

Dampaknya, disaat kering jalan berdebu dan disaat hujan berlumpur. Bahkan, ada juga korban dari masyarakat yang terjatuh saat naik motor akibat lumpur dan batu di jalanan,” ujar Fravarta. Seperti diketahui, dalam sidak kemarin, rombongan Komisi C DPRD Kota Semarang tidak mendapati aktivitas penambangan. Namun, saat iring-iringan mobil dewan keluar dari lokasi proyek, ada empat truk yang terparkir di pinggir jalan masuk lokasi. (jos)

Pemkot Terima Bantuan Mobil Perpus Keliling Jangan Beri Uang kepada Gepeng ! Walikota menunjukkan buku didepan mobil perpustakaan keliling.

HARSEM/PRiHATi PUJi UTAMi

PeMKOt Semarang menerima bantuan satu unit mobil perpustakaan keliling yang dilengkapi dengan 1.450 eksemplar buku dari Kantor Perpustakaan Nasional. Penyerahan mobil perpustakaan keliling dilaksanakan, di Halaman Gedung Gradika Bhakti Praja, Pemprov Jateng, kemarin. Mobil bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Jateng Bibit Waluyo dan diterima oleh Walikota Semarang Soemarmo HS didampingi Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Semarang, Bimbong Yogatama. “Kami berterimakasih atas bantuan mobil perpustakaan keliling yang dilengkapi 1.450 eksemplar buku dari Perpustakaan Nasional. Penambahan satu unit mobil ini diharapkan semakin memperluas cakupan pelayanan wawasan warga sekaligus menumbuhkan minat baca,” ungkap walikota.

Walikota menambahkan, kedepan, mobil perpustakaan keliling ini rencananya akan dimodifikasi sebagaimana mobil pintar yang telah dimiliki Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang. Modifikasi akan dilengkapi dengan sarana audio visual, komputer, internet, tutorial, media story telling, serta sarana permainan. Saat ini, Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Semarang telah memiliki dua unit mobil pintar. Dengan sarana dua mobil itu telah melayani para siswa maupun masyarakat baik di sekolah, rumah pintar ataupun kelurahan di 16 kecamatan. Rencananya, Selasa (17/1) Walikota Semarang akan menyerahkan langsung mobil perpustakaan keliling ini kepada Kantor Perpustakaan Daerah Kota Semarang untuk segera dimanfaatkan sebagai sarana operasioanal pelayanan gerakan gemar membaca. (pru/jos)

PeRSOaLaN gelandangan, pengemis, dan anak jalanan (gepeng-anjal) sulit untuk ditangani. Namun, imbauan yang dilontarkan Plt Kepala Dinas Sosial, Pemuda, dan Olah Raga (Disospora) Kota Semarang Isdiyanto agar jangan memberi uang kepada gepeng dan anjal sulit dilakukan oleh masyarakat umum. Menurut Isdiyanto memberi uang atau tidak kepada gepeng dan anjal merupakan hak masyarakat. Namun, ia menyarankan, sebaiknya sikap memberi uang itu dihentikan karena nantinya justru ‘memanjakan’. “Peran masyarakat juga diperlukan dalam penanganan gepeng dan anjal. Hal itu dapat dilakukan dengan merubah kebiasaan masyarakat yang kerap memberi uang kepada mereka,” katanya. Ia meyakini, jika kebiasaan memberi uang itu dihentikan, maka gepeng dan anjal akan berpindah ke daerah lain di mana masyarakat setempat masih terbiasa dengan tradisi ‘memberi’. “Memberi uang memang persoalan hati nurani. Namun, jika hal itu dapat dihentikan, maka gepeng dan anjal pun tidak akan merasa dimanjakan lagi, tanpa harus bersusah payah untuk mencari uang dengan bekerja,” jelasnya lagi. Dikatakannya pula, apabila pemberian uang itu terus dilakukan

maka gepeng dan anjal akan semakin sulit untuk dibina oleh pemerintah. Pasalnya, pola pikir mereka tidak akan pernah maju atau tidak pernah berkeinginan untuk memperoleh pekerjaan yang layak. “Yang kita upayakan, mereka itu bisa memperoleh pekerjaan yang bisa menopang hidup mereka sendiri. Bukan meminta-minta belas kasih orang di jalanan. Lagian, jika hidup mereka terus dijalan, kan bisa berbahaya,” ujarnya. Selama ini, ia mengaku, telah melakukan pembinaan dan pendampingan kepada gepeng dan anjal. Pada 2011 lalu, Disospora telah bekerjasama dengan dinas terkait dalam hal pemberian pelatihan kerja. “Kita dulu sempat memberikan mereka pembinaan. Namun sampai sekarang, masih tetap ada yang berkeliaran di jalanan. Mungkin, mereka berpikir, kenapa harus susahsusah mencari kerja, kan banyak yang mau kasih uang di jalan. Itu yang repot,” tuturnya. Ia berharap, dengan adanya perubahan perilaku masyarakat dalam hal pemberian uang, maka pola pikir gepeng dan anjal pun dapat berubah. “Saya hanya berharap mereka bisa pulang ke daerahnya masing-masing atau bersedia mendapatkan pendampingan untuk kerja,” katanya. (ano/jos)

KTA bagi Kader yang Loyal agaR keberadaan kader partai bermanfaat bagi masyarakat, DPC Partai Gerindra Kota Semarang akan memberikan kartu tanda anggota (KTA) secara selektif. KTA akan diberikan kepada anggota atau kader yang memiliki loyalitas dan siap mengabdi masyarakat luas. Hal itu disampaikan Ketua DPC Partai Gerindra Kota Semarang Suhariyanto disela-sela rapat pimpinan cabang (Rapimcab) Partai Gerindra di Vina House, akhir pekan lalu. Rapimcab yang dihadiri seluruh pengurus DPC dan pimpinan PAC ini, selain memaparkan program kerja partai, juga mengagendakan persiapan menghadapi Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Gerindra pada 6 Februari mendatang di Jakarta. Menurut Suhariyanto, kongres tersebut untuk menetapkan secara resmi Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subiyanto sebagai capres dari partai Gerindra pada Pilpres 2014 mendatang. “Seluruh kader dan pengurus DPC Partai Gerindra Kota Semarang sudah sepakat mengajukan Prabowo Subiyanto sebagai capres. Dan suara ini akan kami sampaikan dalam forum KLB,” tandasnya, didampingi Wakil Ketua DPC Partai Gerindra bidang hubungan legislatif Andika.

Mengenai penerbitan KTA, ia menegaskan, akan dilakukan verifikasi terlebih dulu terhadap kader yang akan mendapatkan KTA. Hal ini dilakukan, menurutnya, agar KTA tidak digunakan untuk gagah-gagahan atau untuk kepentingan pribadi. Lebih lanjut Suhariyanto menjelaskan, dengan memanfaatkan KTA, ada kesan di masyarakat bisa mendapatkan keuntungan pribadi. “Kita ingin memiliki kader yang loyal, bukan HARSEM/PRiHATi PUJi UTAMi pedagang politik atau makelar Rapat pimpinan cabang (Rapimcab) Partai Gerindra di Semarang, politik,” tandasnya. dihadiri seluruh pengurus dPC dan pimpinan PAC Agenda tahun 2012, selain penerbitan KTA adalah penetapan Di sisi lain, Suhariyanto menjelaskan, pihaknya tengah dan pelantikan pengurus ranting semempersiapkan pembentukan satgas partai. “Kami Kota Semarang. Menurutnya, saat ini sudah ada 177 pengurus optimistis pembentukan satgas akan bisa terlaksana pada ranting yang tengah dilakukan evaluasi dan diverifikasi sebelum tahun 2012 ini,” katanya. (pru/jos) ditetapkan dan dilantik menjadi pengurus partai.

Pemimpin Umum/Pjs Pemimpin Redaksi: Andy Suwanto Dewan Redaksi: H Noor Achmad, Iwan Haryanto, Arief Mudzakir, Andy Suwanto, Redaktur Pelaksana: Saefudin, Sugayo Jawama Litbang: Iriyanto Redaktur: Arief Firhanusa, Bagus Panji Buana, Dwi NR, Panji Joko Satrio, Puji Joko Sulistyo, Sardi AK, Teguh Argari Bisono, Tri Wuryono Koordinator Liputan: Poltak Sinaga Wartawan: Abdul Mughis, Ariel Noviandri, Aris Wasita Widiastuti, Hery Priyono, Lissa Febrina, Mohammad Ichwan, Nur Hidayat, Prihati Puji Utami, Sokhibun Ni’am, Wara Merdekawati, Wikha Setiawan, Wiwig Prayugi Kontributor: Nino Adisumarto (Ungaran), Sukma Wijaya (Demak), Heru Santoso (Salatiga) Pewarta Foto: Cun Cahya, Indra Prabawa Desain dan Lay Out: Anton Sujarwadi, Prasetya Widodo, Muhammad Fatoni, Ajie Mahendra, Omegantoro Anggraito Penerbit: PT Semesta Media Pratama Berdiri sejak Pendiri Pemimpin Umum Wakil Pemimpin Umum

: : : :

10 Agustus 2009 H Suwanto, SE, MM

Andy Suwanto, MBA

Pemimpin Perusahaan: Andy Suwanto, MBA Direktur Utama: Iwan Haryanto Keuangan: Dwi Arum Dhati (Manajer), Mulyono, Septiyarini Aksari Distribusi & Sirkulasi: Much Lukman, G Hendra, Aries Kunarto, Ririn Setyowati Promosi dan Iklan: Dyah Purnasari General Affair: Viddy Yusafiadi Alamat Redaksi: Jl KH Wahid Hasyim (Kranggan) 125-127 Ruko A1 Floor 1-3 Semarang Telp: 024-3512771, Fax. 024-3516531 Iklan dan Sirkulasi: 024-3518359 E-mail: redaksi@hariansemarang.com, harian.semarang@ yahoo.com Website: www.hariansemarang.com

Nugroho PS

Wartawan Harian Semarang selalu dibekali tanda pengenal dan dilarang menerima atau meminta sesuatu dari narasumber


AYO MBANGUN KUTHO lakone Hediyanto HP

Lurah Randusari

Tinggalkan Kesan Baik

Penghijauan Cegah Pemanasan Global Oleh Lissa Febrina

Sudah saatnya bumi ini dihijaukan kembali lewat penanaman pohon untuk mencegah pemanasan global, seperti yang dilakukan LMDH Wana Makmur bersama siswa SMK Bina Nusantara di Wonosari, kemarin.

S

EBAGAI bentuk kepedulian terhadap lingkungan, Sabtu lalu Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wana Makmur bersama masyarakat dan ratusan siswa SMK Bina Nusantara melakukan penanaman pohon di pinggiran hutan wilayah Wonosari. Aksi penanaman tersebut sebagai wujud kepedulian masyarakat serta memberikan pembelajaran kepada siswa-siswi agar bisa memperlakukan hutan dengan baik. Penanaman pohon tersebut melibatkan 250 siswa dengan 1.250 pohon yang terdiri dari pohon sukun, mangga, ace, trembesi serta tanaman jati. Dalam kegiatan tersebut juga hadir Lurah Wonosari, LMDH Wana Makmur, Anggota DPRD Kota Semarang, Karan Taruna, PKK dan undangan lainnya. HARSEM/WARA MERDEKAWATI

TAHUN ini bila tidak ada halangan, Hediyanto HP, Lurah Randusari akan memasuki masa pensiun. Sudah cukup lama ia bertugas menjadi PNS dan menjadi lurah hingga membawa wilayah Randusari semakin maju dan ada perubahan. Ketika ditanya harapan menjelang pensiun, ia mengatakan, berupaya semaksimal mungkin menjalankan tugasnya dengan baik. “Saya berharap menjelang dan sesudah pensiun bisa meninggalkan kesan yang baik. Dan siapa saja pengganti saya agar warga bisa menerima dengan baik,” jelasnya, kepada Harsem beberapa waktu lalu. Dia mengatakan, terkait perubahan dan penataan wilayah dari dahulu sangat memperhatikan kawasan Jalan Pandanaran. Kawasan yang dijadikan tempat penjualan oleh-oleh khas Semarang ini dari dahulu padat lalulintas dan PKL. “Alhamdulillah, tahun kemarin keberadaan PKL di Jalan Pandanaran sudah kami tata. Tujuan penataan agar wilayah tersebut tidak semrawut,” ucapnya. Ditambahkan, hingga saatnya pensiun dirinya akan tetap menjaga kesehatan sebaik mungkin. Dan berupaya melakukan aktivitas berolahraga agar tetap sehat. (gus)

3

selasa, 17 Januari 2012

Siswa SD Rejosari banyak yang bermain di Taman Kridangga setelah ada perbaikan

Musim Hujan Waspadai Longsor

HARSEM/LISSA FEBRINA

lurah Agus Muryanto memberikan bantuan sembako kepada salah satu korban longsor di RT03/RW 03

Ketua LMDH Wono Makmur, Salyo PA mengatakan, dengan adanya penghijauan kembali lewat penanaman pohon ini dapat mengurangi Global Worming atau pemanasan global. “Dan pemanasan global itu sendiri sesuatu yang pasti sehingga untuk mengimbanginya perlu dilakukan penanaman pohon,” katanya. Salyo mengatakan, penanaman pohon ini tentunya harus ditindaklanjuti dengan perawatan agar pohon tidak mati. Dengan adanya penanaman pohon juga perlu ada kepedulian warga sekitar. . Sahli, Kepala Sekolah SMK Bina Nusnatara menambahkan, penanaman pohon ini dilakukan secara bertahap. Sebelumnya juga sudah ditanam sekitar 4.000 pohon. “Sabtu ini sasaran kita menanam di Kampung Kemantren RW 04, RW 05, dan RW 06. Dan Minggu depan akan kita lanjutkan di wilayah RW lainn,” tuturnya. Lurah Wonosari, Rohadi Supriyanto mengatakan, dengan adanya penanaman pohon ini tentunya ke depannya dapat membantu masyarakat di wilayah sekitar hutan untuk memelihara menjadi lestari. Wiwin Subianto, anggota DPRD Kota Semarang menambahkan, hutan merupakan paru-paru kota, jadi penting untuk dirawat. “Dengan adanya penanaman pohon atau penghijauan berharap hutan bisa menjadi paru-paru kota dan menjadi resapan air,” tandasnya. (gus)

HARSEM/LISSA FEBRINA

Ratusan warga antusias dalam kegiatan penghijauan di sekitar pinggir hutan Wonosari Sabtu lalu

Manfaatkan Taman untuk Ruang Publik Warga REJOSARI-Keberadaan ruang publik di suatu wilayah yang padat penduduk memang menjadi dambaan warganya. Seperti halnya dengan diperbaikinya Taman Kridangga tepatnya berada di depan Kantor Kelurahan Rejosari Kecamatan Semarang Timur ini. Taman yang dulunya kurang terawat, kini disulap menjadi taman yang rindang dilengkapi dengan berbagai macam permainan. Mulai dari ayunan, jungkatjungkit hingga papan luncur atau dikenal dengan perosotan. Banyaknya pohon rindang di sekeliling taman menjadi pendukung sehingga membuat asri dan teduh jika berada di

TAMBAKAJI-Pemerintah Kelurahan Tambakaji kemarin mengunjungi korban longsor di RT 03/RW 03. Dalam kunjungan tersebut, Lurah Tambakaji Agus Muryanto juga memberikan bantuan sembako kepada keluarga Ramdani, korban longsor. Ramdani merupakan korban longsor yang berasal dari talud tebing di belakang rumahnya. Kejadian tersebut terjadi pada Kamis pekan lalu dan rumahnya hancur tertimbun longsoran dari talud Perumahan Depag. Hingga kini kondisi rumah Ramdani sudah mulai diperbaiki oleh warga secara swadaya. Namun kondisinya tidak dapat kembali seperti semula mengingat juga membutuhkan dana yang tidak sedikit. Sriwahyuni, istri Ramdani menuturkan, peristiwa longor tersebut terjadi Kamis pekan lalu sekitar pukul 09.30. “Waktu itu saya sedang memasak, tiba-tiba terdengar suara keras. Setelah saya lihat ruang tamu kami sudah tertimbun bongkaran material talud yang sudah bercampur dengan tanah,” ujarnya. Dikatakan, sebelumnya talud tebing

taman. Maka tak heran bila tiap harinya selalu tampak anak-anak bermain di sana. Berdasarkan pengamatan, taman tersebut saat ini ramai karena berada di dekat SD Rejosari, sehingga ketika istirahat atau pulang sekolah banyak siswa yang bermain di sana. Sore hari juga selalu tampak para ibu yang tengah menyuapi buah hatinya di taman. “Kalau ngajak jalan-jalan anak pada sore hari, di sini bisa menjadi pilihan. Karena selain nyaman, juga banyak permainannya,” kata Ny Ani, warga setempat. Lurah Rejosari, Waluyo Tri Mawasto mengatakan, wilayahnya termasuk perkampungan padat penduduk.

memang sudah ada tanda-tanda retak dan dirinya sudah melaporkan kondisi tersebut kepada pemilik rumah yang berada di atas. “Kejadiannya memang sangat cepat sekali,” ujarnya. Lurah Tambakaji, Agus Muryanto mengatakan, di wilayahnya memang ada perbukitan yang rawan longsor. Dirinya juga sudah mengimbau kepada warga untuk segera melaporkan jika ada kondisi talud yang kondisinya akan longsor. “Warga mestinya harus tanggap situasi dan segera melaporkan kepada kelurahan atau kepada RT/RW setempat. Apalagi sekarang sudah memasuki musim penghujan dan waspadailah perbukitan rawan longsor,” tegasnya. Berdasarkan catatan, tebing rumah Ramdani tertimbun tanah kurang lebih setinggi enam meter dengan lebar kurang lebih 10 meter. Kelurahan setempat juga menyampaikan rasa prihatin atas musibah yang menimpa warganya tersebut. “Kami memberikan sedikit bantuan sembako yang bertujuan untuk membantu sedikit beban yang dialami warga,” jelasnya. (lif/gus)

Warga RW 09 Kelurahan Plalangan beberapa waktu lalu kerja bakti memperbaiki saluran. Rencana saluran tersebut sengaja ditinggikan memerapa centimeter agar air tidak mampet

HARSEM/DOK

HARSEM/DOK

Halaman ini khusus disediakan bagi warga masyarakat, lembaga instansi pemerintahan dan swasta, lembaga sosial kemasyarakatan, lembaga keagamaan. Silakan kirimkan foto-foto kegiatan yang bernilai berita ke redaksi. Foto harap disertai keterangan singkat dan dapat langsung dikirimkan ke redaksi maupun via email: harian.semarang@yahoo.com. Redaksi akan memuat tanpa memungut biaya.

Kasubid Pelayanan KB dan Perlindungan Hak Reproduksi, Tegoeh Tri Adijanto beberapa waktu lalu memberikan paparan dalam acara talkshow family planning di Panggung Lor yang diadakan mahasiswa Undip

Dengan adanya taman setidaknya dapat dimanfaatkan warga setempat sebagai ruang publik. Kelurahan, katanya, juga akan mengusulkan pengadaan lampu taman sehingga pada mlam hari taman terlihat gilar-gilar. Selain itu warga juga bisa bersantai saat malam hari. “Di Kelurahan Rejosari ada empat taman yang letaknya tersebar, salah satunya di depan kantor kelurahan. Dengan adanya taman ini warga bisa memanfaatkan untuk sekadar melepas penat, namun kita akan mengusulkan pengadaan lampu taman,” katanya. (wam/gus)

Akrabkan Pegawai lewat Senam

HARSEM/LISSA FEBRINA

Perangkat Kecamatan Semarang Utara dan kelurahan kompak mengikuti senamsetiap Jumat pagi SEMARANG UTARA-Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengakrabkan para pegawai agar tetap kompak. Di antaranya dengan mengadakan senam bersama setiap Jumat pagi seperti yang dilakukan perangkat Kecamatan Semarang Utara bersama pegawai kelurahan, beberapa waktu lalu. Senam bagi pegawai sangat penting karena selama beberapa hari mereka sibuk dengan pekerjaannya masing-masing. Hal ini butuh saling berkomunikasi dalam sebuah kebersamaan antara atasan dan bawahan. “Kami rutin dan senam memang sangat penting bagi para pegawai di sini. Di sela-sela senam kita juga bisa saling berkomunikasi sejenak dan tukar pikiran masalah pekerjaan antarbagian,” jelas para pegawai kecamatan. Menurut Camat Semarang Utara, Djaka Sukawijana, senam bersama dilakukan setiap seminggu sekali. Harapannya melalui senam ini para pegawai baik dari tingkat kelurahan dan kecamatan bisa saling mengenal dan akrab. “Senam ini bisa menyehatkan badan. Biasanya setelah senam para pegawai bisa semakin terbawa suasana kerja yang harmonis,” katanya. Djaka menambahkan, setelah senam biasanya juga dilanjutkan dengan kegiatan kerja bakti di masing-masing wilayah. “Atau bisa juga misalkan minggu ini senam, minggu depannya kita kerja bakti ” jelasnya. Menurutnya, untuk kerja bakti perangkat kelurahan di wilayahnya masing-masing juga melibatkan warga. Karena warga juga segala-galanya yang membantu para petugas kelurahan. “Yang jelas kegiatan di Kecamatan Semarang Utara sangat padat. Kami tidak ingin wilayah kami vakum kegiatan hanya karena pimpinannya tidak kreatif,” jelasnya. (lif/gus)


desakundi

SELASA, 17 Agustus Januari 2012 senin, 22 2011

demak salatiga kendal ungaran purwodadi n

n

n

n

Warga Sidomukti Blokir Galian C SALATIGA-Pasca penggusuran di Jalan Kartini yang rencananya akan dibangun Taman Kota, banyak mantan PKL mempertanyakan proses pembangunannya. Hal ini, karena sesuai janji Walikota Salatiga Yuliyanto, bahwa setelah lahan tersebut bersih dari PKL akan segera dibangun taman kota. Wakil Ketua DPRD kota Salatiga Iwan Setyo Purbowo ketika ditemui Harsem, Senin (16/1) kemarin mengatakan, bahwa masalah pembangunan taman kota tersebut menurutnya tidak dapat seperti membalikkan telapak tangan. Namun, semua itu ada prosesnya. Pihaknya menghimbau kepada para mantan PKL Kartini, jika memang merasa penasaran akan masalah pembangunan dapat menanyakannya secara resmi kepada Walikota Salatiga maupun DPRD Kota Salatiga. Ditambahkan Iwan, pembangunan suatu proyek jika dipaksakan terlalu cepat, hal ini akan dapat dijamin mangkrak. Untuk pembangunan

taman kota ini, diyakini akan tetap dilakukan namun tidak dapat terlalu tergesa-gesa. Sehingga, jika banyak yang mempertanyakan, hal itu adalah masih wajar. “Harapan kami, jika memang para PKL yang dulunya berada di Jalan Kartini itu dapat mempertanyakan melalui aspirasi yang disampaikan kepada DPRD Kota Salatiga. Pihaknya menjamin bahwa proyek tersebut tetap berjalan dan membutuhkan waktu untuk memulainya. Harapan lain, jangan sampai proyek taman kota itu nantinya menjadi mangkrak,” jelasnya. Menurutnya, proyek pembangunan taman kota itu, menurut informasi nantinya akan disediakan juga fasilitas umum (fasum). Bahkan, di lokasi itu juga akan multifungsi serta multiefek. Jadi tidak asal dibangun begitu saja. “Yang jelas, kami berharap proyek pembangunan taman kota ini, jangan sampai mangkrak,” tandasnya. (hes/nji)

MI & BISNIS

ENGAH

Kru Angkutan Geruduk Dishub SALATIGA-Ratusan kru mobil penumpang umum (MPU) jurusan Salatiga-Ungaran, Senin (16/1) sekitar pukul 09.00 ramai-ramai mendatangi kantor Dinas Perhubungan Komunikasi Budaya dan Pariwisata (Dishubkombudpar) Salatiga. Mereka mendesak agar trayek beberapa MPU tambahan yang diduga tidak melalui kesepakatan paguyuban agar dicabut. Sebelumnya, ratusan kru ini melakukan aksi di Terminal Tingkir memprotes dan mogok. Sebagian kru dengan mengendarai 15 MPU menggruduk kantor Dishub. “Kami menduga oknum pengurus paguyuban MPU bermain dan meloloskan beberapa MPU yang tentunya mengurangi pendapat kami. Apalagi kondisi sekarang semakin sulit,” ujar Budi Santoso (36) sopir MPU Salatiga-Ungaran.

Ia juga mengungkapkan, permainan penambahan trayek ini sudah berulang kali tanpa ada kesepakatan dan pembicaraan dengan para anggota. Akibatnya, dalam waktu singkat armada yang sebelumnya 80 unit, tiba-tiba membengkak menjadi 107 unit. “Kami menuntut pihak Dishub agar mencabut MPU yang pengeluaran izin trayeknya tidak diketahui anggota paguyuban,” ujar beberapa kru di kantor Dishub. Kepala Dishubkombudpar, Bustanul Arifin, kepada wartawan mengatakan pihaknya menilai masalah tersebut dipicu oleh konflik internal paguyuban MPU SalatigaUngaran. “Kami minta pengurus agar berkoordinasi dengan anggotanya supaya tidak terjadi persoalan,” katanya. (hes/nji)

7 Kecamatan Rawan Longsor UNGARAN-Sedikitnya tujuh kecamatan di Kabupaten Semarang dipetakan termasuk daerah rawan longsor. Ketujuh kecamatan itu meliputi Ungaran Barat, Bandungan, Sumowono, Banyubiru, Pringapus, Getasan dan Bringin. Masyarakat diharap selalu berwaspada kemungkinan terjadinya bencana longsor pada musim hujan tahun ini. Di sela meninjau lokasi longsor di RT 04 RW 04 Lingkungan Junggul, Bandungan, kemarin Bupati Semarang Mundjirin mengatakan, secara geografis sekitar 95% wilayah Kabupaten Semarang berupa perbukitan, sehingga kontur tanah banyak tebing dan berpotensi rawan longsor. “Informasi yang saya peroleh, terjadinya longsor disebabkan air di talud saluran irigasi yang letaknya sekitar 200 meter di atas pemukiman tersumbat. Akibatnya airnya tidak bisa mengalir pada saluran yang ada hingga taludnya ambrol dan tanahnya longsor,” kata Bupati, kemarin. Untuk mengantisipasi terjadinya longsor susulan, menurut Mundjirin, air dari saluran irigasi yang taludnya ambrol harus dibuatkan salurannya. “Harus segera diupayakan pembuatan saluran air. Kalau tidak, bisa mengakibatkan longsor susulan,’’ ujar Mundjirin. Bupati menyatakan pihaknya akan meninjau ulang terkait perizinan pendirian villa di

Bandungan. Pihaknya akan memberikan tindakan terhadap pemilik villa yang tidak mengantongi perizinan. Pengecekan perizinan akan dilakukan, utamanya pada villa dan bangunan usaha lainnya yang berlokasi di lereng-lereng perbukitan atau di daerah yang memiliki kemiringan tajam. Bupati juga menginstruksikan para camat dan lurah di daerah rawan longsor untuk memberitahukan warganya agar mewaspadai bencana longsor. Pasalnya, bencana tanah longsor sulit diprediksi. Untuk itu semua pihak harus melakukan langkah antisipasi bencana. “Untuk mengantisipasi semua ini, saya sudah perintahkan agar badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) segera bertindak,” tukasnya. Terpisah, Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Semarang, Mas’ud Ridwan mengatakan, BPBD harus segera melakukan inventarisasi wilayah rawan bencana. “Ini penting agar tidak jatuh korban jiwa lagi. Untuk itu BPBD harus segera melakukan action,” katanya. Mas’ud juga mendukung upaya Pemkab untuk merazia sejumlah hotel dan villa di Bandungan yang tidak berizin. “Pemkab harus bertindak tegas, saya dengar di Bandungan banyak yang tidak berizin,” kata dia. (ino/nji)

Panci dan Wajan Juga Dimaling… UNGARAN-Muhamad Bukhori (29) warga Desa Karangkepoh, Kecamatan Susukan, Kabupaten Semarang, kemarin diamankan ke Polsek Tengaran karena tertangkap warga mencuri perabotan rumah tangga, seperti panci, wajan dan tremos Bukhori ditangkap saat beraksi di rumah milik Sayekti di Desa Bener, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang. Terungkapnya pencurian berawal saat Sayekti yang baru pulang bekerja mengaku kehilangan televisi ukuran 14 inci yang dipajang di ruang tamu. Selain itu juga terdapat beberapa perabotan dapur miliknya ikut raib. Ketika Sayekti bingung mencari hartanya yang hilang, tiba-tiba dia mendapat kabar ada seorang pencuri berhasil diamankan warga di balai desa. Kontan Sayekti segera mendatangi balai desa untuk melihat pencurinya. Ternyata di tempat tersebut, selain melihat pelaku pencurian, Sayekti dikagetkan adanya televisi

dan perabotan dapur miliknya. “Saya kaget setelah melihat pencurinya, ternyata barang-barang saya yang hilang juga ada di situ,” katanya, kemarin. Kapolsek Tengaran, AKP Bambang Sutanto mengatakan, dalam aksinya tersangka masuk dengan cara merusak pintu belakang rumah korban. Selanjutnya, mengambil sejumlah barang milik korban dan kabur lewat jalan yang sama. “Saat diperiksa tersangka mengaku nekat mencuri karena kepepet karena kebutuhan ekonomi,” terangnya Kapolsek. Sementara itu, di hari yang sama juga terjadi pencurian di rumah milik Sutomo (50) warga Kampung Tlogomayong, Kelurahan Gondoriyo, Kecamatan Jambu. Sepeda motor Honda Supra Fit AA 4301 ET milik Sutomo yang diparkir di dapur hilang. Diduga sebelum menggondol sepeda motor, pelaku terlebih dahulu mencongkel jendela rumah lalu keluar melalui pintu belakang. (ino/nji)

Keberadaan galian C di Weleri memicu konflik. Warga memblokir jalan menuju lokasi, tapi pihak kelurahan malah menarik retribusi.

J

ALAN masuk menuju pertambangan pasir dan padas atau galian C di desa Sidomukti Weleri, diblokir warga setempat, Senin (16/1). Aksi pemblokiran jalan dilakukan oleh warga, karena proyek galian C tersebut memotong jalan desanya. Salah satu tokoh pemuda Desa Sidomukti, Kuswanto, mengatakan pihaknya menuntut agar jalan desa dikembalikan dan proyek ditutup. Sebab manfaatnya tak terasakan semua warga desa. “Kami juga mempertanyakan mengapa perangkat desa yang seharusnya mengurus administrasi desa, kok malah menjadi pengawas proyek,” kata Kuswanto. Kuswanto juga mempertanyakan, adanya penarikan retribusi sebesar seribu rupiah per dump truck di lokasi jalan masuk pertambangan tersebut. Apalagi penggunaan uang tersebut tidak jelas. Terkait dengan tuntutan warganya, Lurah Sidomukti Martoyo menjelaskan, pada intinya pihak desa berkeinginan agar proyek galian C tersebut bisa menyejahterakan warga, sesuai tujuan awalnya. Sedang mengenai tuntutan sebagian warganya yang meminta agar jalan ditutup sementara, pihaknya belum bisa memenuhi. Pasalnya ada juga warga sekitar yang memanfaatkan jalan tersebut, untuk mencari nafkah di hutan dekat pertambangan. “Mari kita cari solusi terbaik untuk masalah ini. Kami selaku aparatur desa siap bermusyawarah dengan karang taruna dan warga karena di sini

HARSEM/ONO

Warga memblokir jalan untuk memprotes keberadaan proyek galian C ada masyarakat yang pro dan kontra masalah pertambangan galian C tersebut,” papar Martoyo. Sementara, Kapolsek Weleri AKP Haryo Dekodewo yang menjadi mediator antara warga dan pihak kelurahan serta penambang dalam musyawarah di aula kelurahan mengatakan, bahwa hendaknya persoalan ini bisa diselesaikan dengan baik. “Selaku aparat, kami dan Muspika sudah sejak

awal mengantisipasi persoalan ini dengan mengajak dialog beberapa pihak. Seyogyanya ada komunikasi intensif antara warga dan pihak desa serta pemilik pertambangan,” jelas Kapolsek. Camat Weleri Wiwid Andaryanto, meminta kepada warga supaya persoalan-persoalan yang ada diselesaikan dengan musyawarah. Sehingga tidak ada pihak pihak yang dirugikan. (ono/nji)

Raskin Belum Tepat Sasaran HARSEM/ONO

Taman Kota Jangan Sampai Mangkrak

Seminar pengentasan anak jalanan yang diadakan PKS

Anak Jalanan Masih Banyak

KENDAL–Beberapa perumahan yang ada di Kabupaten Kendal, masih banyak yang tidak mempunyai ruang bermain untuk anak. Padahal seharusnya, fasilitas itu ada. Hal itu dikatakan Ketua Rumah Keluarga Indonesia (RKI) Pemberdayaan Perempuan Partai Keadilan Sosial (PKS ) Kabupaten Kendal, Siti Nurjanah. Di samping itu, jelas Nurjanah, pihaknya juga bertekad mengentaskan anak jalanan yang jumlahnya masih cukup besar. Selain bakal mengentaskan anak jalanan. Sebagian besar pengembang tidak menyediakan tempat bermain yang layak bagi anak-anak sehingga mereka kesulitan bermain,” ujarnya, di sela-sela launching di aula Kementerian Agama kemarin. Nurjanah mengaku prihatin dengan masih banyaknya anak jalanan yang belum ditangani. Anak-jalanan yang sering disebut anak punk selama ini banyak ditemukan di sekitar traffic light. Keberadaan anak jalanan itu dinilai sering meresahkan pengguna jalan. Ke depan, para anak jalanan ini akan dirangkul agar menjadi anak yang punya masa depan. Menurut Nurjanah, RKI bertekad menjadikan Kendal sebagai kota layak bagi anak-anak. Dia menilai, masih banyak yang harus dibenahi agar Kendal bisa menjadi kota layak anak. Beberapa kasus yang masih mengganjal untuk menjadikan kota layak anak antara lain kasus kekerasan terhadap anak masih cukup tinggi dan pekerja anak masih cukup besar. Ke depan kedua hal itu akan dibenahi. Dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar outbond bagi anak-anak. Kegiatan outbond akan digelar saat libur sekolah. Nurjanah menegaskan, keluarga sebagai kumpulan manusia lakilaki dan perempuan adalah batu bata pertama dan unit sosial asasi bagi masyarakat. Keluarga juga mencerminkan kondisi masyarakat dan unsur-unsurnya secara struckural, tanpa mempertimbangkan jumlah anggotanya. “Tujuan utama keluarga dalam Islam adalah untuk menjaga eksistensi, sebagai pemakmur bumi dan estafet generasi,” tambah Nurjanah. (ono/nji)

UNGARAN-Sebagian besar jatah raskin yang disalurkan bagi keluarga miskin ditengarai salah sasaran. Pasalnya, proses penyalurannya di pedesaan menggunakan sistem bagi rata seluruh warga. Bagian Perekonomian Setda kabupaten Semarang akan berupaya meminimalisir terjadinya penyimpangan raskin dengan melibatkan para ulama. Kepala Bagian Perekonomian Setda Kabupten Semarang, Heru Cahyono menjelaskan, sistem bagi rata merupakan pemicu terjadinya salah sasaran dalam penyaluran raskin. Hal ini dominan terjadi di wilayah pedesaan. Sementara untuk penyaluran di wilayah perkotaan nyaris tidak terjadi masalah. “Karena sistem bagi rata, raskin yang semestinya ditujukan untuk rumah tangga sasaran (RTS), pada akhirnya dinikmati juga oleh warga mampu di pedesaan,” kata Heru, kemarin. Diungkapkan, sistem bagi rata tersebut sesungguhnya merugikan warga miskin yang masuk dalam daftar RTS. Karena jatah raskin yang semestinya hanya dibagikan kepada mereka, namun dalam praktiknya dibagikan kepada seluruh warga desa. “Kalau seharusnya jatah raskin sebanyak 15 Kg per-RTS, praktiknya di banyak pedesaan berkurang menjadi 10 Kg atau bahkan kurang,” tandasnya. Persoalan ini, lanjut Heru, telah lama menjadi dilema bagi pengurus di titik bagi yang ada di RT atau RQW. Alasannya, ketika pengurus menyalurkan sesuai prosedur, maka ia diprotes oleh warga. “Pengurus titik bagi yang ada di RT dan RW wilayah pedesaan angkat tangan bila penyaluran raskin dilakukan sesuai prosedur. Beberapa di antaranya malah meminta agar penyaluran seperti itu dilakukan sendiri oleh bagian Perekonomian, karena mereka tidak

mau menjadi sasaran kemarahan warga,” ungkapnya. Sesuai data tahun 2011, kuota raskin Kabupaten Semarang perbulan sebanyak 1.002.000 kg untuk 66.800 RTS. Sebagian besar dari jumlah tersebut tersalurkan untuk wilayah pedesaan, yakni 208 desa dan 27 kelurahan. “Prosentasenya belum bisa ditentukan, tapi jelas sebagian besar jatah raskin untuk wilayah pedesaan,” tegas Heru. Diutarakan, bahwa penyaluran raskin sesuai pedoman harus menunggu ketetapan dari gubernur, yang kemudian dilanjutkan ke Bulog untuk disalurkan ke titik distribusi yang berada di desa dan kelurahan. Selanjutnya raskin disalurkan ke titik bagi yang ada di RT dan RW. “Di titik bagi inilah penyaluran raskin sering salah sasaran, utamanya di pedesaan,” ujarnya. Dikatakan pula, sejauh ini pihak Bagian Perekonomian sudah mengupayakan antisipasi dan sosialisasi, yang bertujuan agar penyaluran raskin tidak salah sasaran. Diantaranya dengan melakukan pemasangan stiker raskin di rumahrumah warga yang masuk dalam daftar RTS. Bahkan dalam sosialisasi tersebut juga melibatkan para tokoh masyarakat setempat. Namun demikian hasilnya belum sesuai harapan, karena adanya sistem bagi rata. Untuk meminimalisir penyaluran raskin yang tidak tepat sasaran, Heru mengatakan, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi ke pedesaan. Yakni, dengan memberi pengertian bahwa raskin hanya diperuntukkan bagi RTS. Untuk itu pihaknya akan menggandeng para ulama atau pemuka agama untuk mensosialisasikan raskin tepat sasaran. (ino/nji)

14 Pejabat Eselon II Dilantik

HARSEM/HERU SANTOSO

Sebanyak 14 pejabat eselon II dilantik Walikota Yuliyanto, kemarin SALATIGA-Sebanyak 14 pejabat eselon II Pemkot Salatiga dilantik Walikota Salatiga Yuliyanto,

kemarin. Pelantikan sesuai SOTK yang mulai berlaku tahun 2012. Pelantikan di adakan di Ruang

Sidang II Pemkot. Ada instansi yang mengalami pergantian pejabat, di antarnya Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga (Disdikpora). Dari data yang dihimpun Harsem, para pejabat yang dilantik di antaranya Hj Niken Lidiastuti sebelumnya sebagai kepala disdikpora kini menduduki kepala inspektorat. Kepala disdikpora kini dijabat Susanto yang sebelumnya menjadi kepala Bappeda. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) kini dijabat Adi Isnanto yang sebelumnya sekretaris Bapeda menggantikan Amin Singgih yang menjadi sekretaris dewan (Sekwan). Sedangkan staf ahli Walikota kini diduduki masing-masing Husnani yang sebelumnya kepala dinas pdan kini menjadi staf ahli bidang ekonomi dan pembangunan. Ady Suprapto staf ahli bidang hukum dan pemerintah, yang

sebelumnya sebagai kepala badan kesbangpollinmas serta Endang DW, yang meninggalkan kepala Bapermas KB. Kepala Badan Kesbangpollinmas sekarang ini dijabat Sri Danudjo, Kepala Bapermas KB Diah Puryati, Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang dijabat Tedjo Supriyanto. Priyono Soedharto Kepala Bappeda, Sri Wityowati Asisten Setda dan Kepala Badan KPPT dijabat Valentino T Haribowo. “Pesan kami, para pejabat yang baru dilantik, dapat secepatnya menyesuaikan diri dan meningkatkan kinerjanya demi pelayanan kepada masyarakat dengan baik sesuai dengan aturan dan pedoman yang ada,” jelas Walikota Yuliyanto. Untuk pelantikan pejabat eselon III dan IV, direncanakan dilakukan secepatnya. Namun, rumor yang berkembang di Pemkot Salatiga, pelantikan pejabat eselon III dan IV akan dilakukan Selasa (16/1).hes/nji


ekonomi & bisnis Maskapai Sriwijaya Air

Tujuan

Jam Berangkat

Sby

10.40 (Daily) 18.15 (Operate Jumat & Minggu)

Jkt

06.20, 11.20 (Daily) 18.10 (Daily) 12.35 (Daily)

Bjmsn

Bjmsn- 14.50 (Daily) Smg Garuda Indonesia

Jkt

06.05, 07.35, 09.20, 10.55,12.35, 14.55, 16.00, 17.00, 18.35

Batavia Air

Jkt

08.30, 17.30 (Daily)

Lion Air

Jkt

06.50, 11.40, 15.15

Sumber : Bandara A. Yani Semarang *) Jadwal sewaktu-waktu bisa berubah

Daftar Harga Sembako Beras C4 Super C4 Gula Pasir Minyak Goreng Kemasan Tanpa kemasan Daging sapi Daging ayam Telur Elpiji 3 kg Elpiji 12 kg Cabai Merah besar Merah keriting Rawit Bawang merah Bawang putih Minyak tanah Mentega kemasan Kedelai Jagung

Rp 7.000/kg Rp 6.500/kg Rp 10.250/kg Rp 12.400/kg Rp 10.000/kg Rp 58.000/kg Rp 22.000/kg Rp 16.000/kg Rp 13.000 Rp 74.000 Rp 15.000/kg Rp 8.000/kg Rp 18.000/kg Rp 20.000/kg Rp 23.000/kg Rp 8.500/l Rp 4.700/200 gram Rp 6.500/kg Rp 5.000/kg

Sumber : Pantauan dari Pasar Tradisional Semarang serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Semarang

Suzuki Nex Siap Bersaing Oleh Ariel noviandri

Suzuki siap bersaing di pasar matik, dengan meluncurkan nex.

P

ertumbuhAn pasar sepeda motor jenis otomatis atau matik sangat luar biasa. Masing-masing produsen sepeda motor terus meluncurkan produk matik terbarunya, termasuk Suzuki yang kini tengah berusaha meramaikan pasar matik dengan produk Nex. Motor matik yang kini menjadi andalan Suzuki di kelas matik 110 cc itu dikembangkan dengan mesin dan bodi yang secara total siap bersaing dengan motor matik di kelasnya yaitu irit, lincah dan gaya. Sementara untuk menjawab kebutuhan akan matik irit BBM, Suzuki menciptakan mesin motor matik yang irit dengan konsumsi BBM yang mencapai angka 79,6 km/liter. Menyinggung pangsa pasar Suzuki matik pada 2011 lalu, Head of Regional Office Jateng-DIY PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Danil Nasri mengatakan, mencapai sekitar 14% dari total penjualan semua tipe. Pada 2012 ini, ia memperkirakan, angkanya mampu terdongkrak hingga dua kali lipatnya. Sangat Kompetitif “Hal itu didukung dengan munculnya matik terbaru, Suzuki Nex. Saya yakin angkanya naik karena matik tersebut sangat kompetitif,” katanya yakin. Keyakinannya itu didasarkan atas penjualan Suzuki Nex di wilayah Jateng dan DIY yang cukup baik. Dipaparkannya, pada Desember tahun lalu, penjualan Suzuki Nex mampu menembus angka 1.000 unit. “Saya juga yakin angka penjualan unit matik itu dapat meningkat lagi pada tahun ini. Bahkan, kemungkinan juga bisa mengambil pangsa pasar matik dari merek lainnya,” ujarnya optimis. Ditanya soal strategi penjualan, ia menjawab, pihaknya melakukan perluasan jaringan pelayanan. Pada tahun ini, kata dia, jaringan penjualannya akan ditambah lagi menjadi 40 hingga 50 kantor. “Karena di wilayah Jateng dan DIY kantor penjualan masih sedikit, kita akan menambahnya lagi pada tahun ini. Dengan penambahan itu, kita berharap, pelayanan semakin dekat dengan konsumen dan tentunya konsumen pun akan lebih mudah mendapatkan Suzuki Nex,” paparnya. Saat ini, dealer Suzuki yang langsung berada di bawah PT SIS telah mencapai angka 110 dealer. Soal harga jual, PT Suzuki Indomobil Sales mempertimbangkan harga jual yang kompetitif dan terjangkau. Harga On The Road Suzuki Nex di wilayah Jateng dipatok pada angka Rp 12.990.000 dan harga perdana atau indent Rp 12.490.000 sudah termasuk velg casting wheel. (tab)

HARSEM/ARIEL NOVIANDRI

SPG saat memamerkan Suzuki Nex

Prediksi Telkomsel

Konsumen Broadband Tumbuh 30%

AXA Indonesia Bukukan Premi Rp4,1 Miliar AXA Indonesia wilayah Semarang pada tahun lalu berhasil membukukan premi sebesar Rp4,1 miliar. Dari total pencapaian tersebut, kontribusi terbesar disumbang oleh asuransi kendaraan roda empat sebesar 60%. Hal tersebut disampaikan oleh Vice President PT Asuransi AXA Indonesia Head of Semarang Office Wismar Nainggolan. Diungkapkan, kontribusi 40% sisanya disumbangkan oleh lini usaha asuransi properti, asuransi pengangkutan laut serta asuransi kesehatan. “Kontribusi terbesar disumbangkan oleh asuransi kendaraan roda empat. Untuk tahun ini, kami masih akan tetap menggenjot asuransi kendaraan roda empat, sebagai lini usaha andalan kami,” ujar Wismar. Ditambahkan, tingginya kontribusi asuransi mobil tersebut tidak terlepas dari kerjasama dengan dealer mobil, yang memang sudah dipersiapkan jauh-jauh hari. Sehingga saat kantor cabang AXA di Semarang dibuka, pihaknya tinggal menandatangani MoU. Sementara, di tahun 2012 ini, pihaknya menargetkan pertumbuhan sebesar 50%. “Prestasi yang kami catat di tahun lalu adalah rasio klaim AXA yang hanya sebesar 3,4%. Angka ini jauh lebih rendah dari rasio klaim dalam industri asuransi mobil yang biasanya di atas 50%. Keberhasilan kami tidak terlepas dari usaha kami yang cukup selektif dalam membidik calon pemegang polis,” lanjutnya. Wismar mengatakan, keberhasilan pencapaian hingga Rp4,1 miliar tersebut merupakan bukti bahwa kepercayaan masyarakat begitu tinggi. Padahal AXA Semarang baru betul-betul beroperasi penuh selama enam bulan. “Pengalaman saya, cabang yang baru dibuka paling tinggi hanya mampu menghasilkan premi antara Rp2 miliar hingga Rp3 miliar setahun,” lanjutnya. Wismar optimistis mampu mencapai pertumbuhan di tengah persaingan ketat industri asuransi umum di Semarang dan sekitarnya, dengan mengutamakan pelayanan, misalnya menyangkut lama penyelesaian klaim dan kemudahan klien menghubungi agen asuransi. Ditambahkan, pihaknya akan tetap mengembangkan lini usaha lain seperti asuransi kesehatan dan asuransi perjalanan, meskipun asuransi kendaraan merupakan lini usaha yang utama. “Asuransi kesehatan kami perluas jangkauannya. Berobat bisa sampai ke luar negeri. Kami sedang mendesain itu. Ada pula asuransi perjalanan ke luar negeri. Dalam pengurusan visa, produk kami sudah diterima oleh banyak kedutaan besar,” pungkasnya. (nuh/tab)

5

selasa, 17 Januari 2012

HARSEM/DOK

Telkomsel menggelar program layanan untuk pelanggan dengan membuka klinik BlackBerry tingginyA penggunaan layanan data untuk mengakses internet secara mobile, baik melalui ponsel, komputer tablet maupun modem internet yang terkoneksi ke laptop, memicu pesatnya pertumbuhan pengguna layanan berbasis broadband di tahun 2011 lalu. Telkomsel Regional Jateng-DIY memprediksi pertumbuhan jumlah pengguna broadband Telkomsel mencapai 30%. Hal tersebut diungkapkan oleh GM Sales & Customer Service Telkomsel Regional Jateng-DIY Andi Kristianto. Dikatakan, layanan broadband menjadi tulang punggung dalam dapat mengakses informasi dan terhubung dengan lingkungan sosialnya. “Dengan melakukan pengamatan terhadap perilaku komunikasi pelanggan Telkomsel di Jateng-DIY selama tahun 2011, kami memperkirakan akan terjadi pertumbuhan pengguna layanan broadband sekitar 30% di tahun 2012 ini,” ujar Andi. Ditambahkan, pada tahun 2011 lalu, penggunaan layanan data Telkomsel meningkat sekitar 54% dibandingkan layanan data tahun 2010. Dari 33,9

terabyte per hari menjadi 74 terabyte per hari. Sementara jumlah pelanggan broadband Telkomsel di Jateng-DIY tahun lalu tumbuh sekitar 41% menjadi lebih dari 2,4 juta pelanggan. “Peningkatan jumlah pelanggan broadband Telkomsel ini antara lain didorong tingginya kepercayaan pelanggan. Layanan data broadband Telkomsel didukung oleh komitmen Telkomsel untuk senantiasa menghadirkan jaringan broadband yang berkualitas,” lanjut Andi. Sementara itu GM Network Operasional Telkomsel Regional Jateng-DIY Ardhiono Trilaksono mengatakan, tahun ini Telkomsel berupaya melakukan modernisasi perangkat BTS dan memperkuat jangkauan jaringan broadband dengan menambah sekitar 250 Node B. “Saat ini kami telah menggelar lebih dari 2.886 BTS 2G termasuk 906 Node B (BTS 3G) di seluruh wilayah Jateng-DIY. Jaringan broadband berkapasitas bandwidth 8 Mbps per Node B telah disiapkan untuk mendukung kenyamanan pelanggan dalam menikmati layanan data dari Telkomsel, terutama untuk wilayah Semarang, Jogja, Solo dan Purwokerto,” katanya. (nuh/tab)

Pembatasan Subsidi Premium Tak Pengaruhi Investasi KebijAKAn pemerintah terkait pembatasan subsidi bahan bakar minyak jenis premium diperkirakan tidak akan berdampak signifikan terhadap investasi dan perekonomian di daerah. Ekonom Undip Semarang FX Sugiyanto mengatakan, pembatasan subsidi bahan bakar minyak (BBM) yang akan diberlakukan pada 1 April 2012 akan berdampak pada inflasi dan konsumsi masyarakat. Meski demikian, kegiatan investasi di daerah masih akan tetap tumbuh seiring dengan membaiknya perekonomian Jateng, di sisi lain beberapa proyek infrastruktur telah dijadwalkan dapat dibangun pada tahun ini. “Kebijakan pembatasan subsidi BBM memang akan mendongkrak inflasi, tetapi diperkirakan tidak akan berdampak signifikan terhadap investasi di daerah,” katanya belum lama ini. Sedang Pemimpin Kantor Bank Indonesia Semarang Joni Swastanto mengatakan, ekonomi Jateng memang akan sedikit terdampak oleh pengaruh krisis global khususnya terhadap permintaan ekspor, tetapi kondisi tersebut masih akan tertolong oleh permintaan domestik yang cukup tinggi. “Daya beli masyarakat akan tetap terjaga dengan laju inflasi yang relatif rendah dan didorong oleh kenaikan upah minimum regional sebesar 6,8%, kondisi tersebut menjadi daya dorong konsumsi rumah tangga,” katanya. (tab)

Kerjasama Telkom - PGRI Jateng

Sediakan Sarana Edukasi via Internet

uPAyA peningkatan kualitas sumber daya manusia sangat ditentukan oleh kualitas pendidikan. Namun kualitas pendidikan tersebut juga menuntut kualitas dari guru pengajar. Guru memiliki peran yang sangat besar dan strategis. Sebagai upaya untuk membantu meningkatkan kualitas guru tersebut, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Jawa Tengah kemarin menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Telkom UCS Regional IV Jawa Tengah dan DIY.

Penandatanganan dilakukan di Kantor Telkom Jalan Pahlawan No 10 Semarang, kemarin. Dalam kesempatan tersebut General Manager Telkok UCS Regional IV Roshidul Umam Aly mengatakan, dalam kerjasama ini Telkom menyediakan sarana pembelajaran atau edukasi internet yang dikenal dengan BLC (Broadband Learning Center). “Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk CSR kami. Alasan dipilihnya guru sebagai target karena profesi guru sangat tepat untuk memberikan komunikasi

positif tentang internet. Selama ini masih banyak orang tua yang menganggap internet merupakan hal yang negatif,” ujar Umam. Disampaikan juga, saat ini Telkom telah menggunakan sistem sambungan melalui fiber optic. Hal ini sangat mendukung kinerja, sehingga tidak mengganggu kelancaran broadband. Untuk BLC bisa mencapai kecepatan 1 MBpS. “Tidak tertutup kemungkinan konsep pembelajaran di masa depan, tidak lagi menggunakan bangunan besar seperti sekolah.

Bahan pelajaran maupun tugas sekolah tidak lagi diberikan secara klasikal. Namun menjadi individual yang di-share ke semua anak didik dengan menggunakan fasilitas internet,” lanjutnya. Sementara itu, Sekretaris Umum PGRI Jawa Tengah Muhdi mengatakan, yang menjadi sasaran adalah para guru yang sudah melakukan sertifikasi. “Saat ini anggota PGRI yang sudah melakukan sertifikasi sebanyak 250.000 orang. Namun untuk tahap awal ini nantinya akan ada sebanyak 100.000 orang

yang akan mengikuti. Target kami nantinya pada tahun 2015 semuanya telah paham tentang internet,” ujarnya. Ditambahkan, PGRI berupaya mendorong guru untuk memiliki kompetensi yang baik. Karena, kompetensi guru mensyaratkan penguasaan komputer. “Kami juga memiliki program satu guru satu laptop. Harapan kami, tidak ada lagi guru yang gaptek. Karena dengan memiliki laptop kecenderungannya otomatis akan berlangganan internet,” pungkasnya. (nuh/tab)


YAIK-BARITO ya iklan baris to! Tarif Iklan Pastikan..!!

JENIS IKLAN

BW

Baris Kolom Advertorial Display

SPOT

6.000,-/baris 6.500,-/mmk 8.500,-/mmk 10.000,-/mmk

7.000,-/baris 7.500,-/mmk 9.500,-/mmk 11.000,-/mmk

FULL COLOR 10.000,-/mmk 12.500,-/mmk

KETERANGAN > 2 baris < 10 baris 30 mmk < 200 mmk > 200 mmk > 100 mmk

JENIS IKLAN

BUTUH UANG/BPR

KEHILANGAN

KOS

LOWONGAN

BUTUH UANG Pembiayaan mobil /motor Jaminkan BPKB Proses Cepat Tanpa Survei Bunga mulai 0.5% Takeover. Bisa Hub: 024-70880082 / 085727711297

HILANG STNK NP. H 5894 BY an GKJTU Jemaat Semarang IV, Jl. Nangka No. 16 RT 01/02 SMG

MENERIMA kos2-an putri / mahasiswi / karyawati Jl. Parangbaris 7 no.19 Telp. 0246706482 / 91341819 / 0856405222372

DIBUTUHKAN SEGERA MARKETING

0812/IKL/PR/IV/27/11

BUTUH DANA Jaminkan BPKB, Ke KSP Pundi Artha Mas Hub: 024-70529700 0688/IKL/R/X/20/11

ELEKTRONIK

0004/IKL/R/I/05/12

HILANG STNK NP H 1985 UA an Abdullah Jl Kauman Krendo 31/32 Smg 0003/IKL/R/I/04/12

HILANG STNK NP H 2961 PG an Ery Astuti Jl. Talangsari IV/6 Smg 0002/IKL/R/I/04/12

HILANG STNK NP H 2931 GS an Rusdiyanto Jl Kanguru Utara V/25 Rt 10/03 Smg 0001/IKL/R/I/04/112

HILANG STNK NP H 3968 AP an. Dwi Lisa Andriana, Jl.Murtimulyo Blok B No.4 RT.01/15 Muktiharjo Pedurungan SMG

1021/IKL/R/XII/3/11

MENERIMA Kos2an Pasutri Jl. Parangbaris 7 No.19 Telp. 024-6706482 / 91341819 / 0856405222372 0990/IKL/R/XI/07/11

KOS PASUTRI/karyawan 2 bln Rp 500.000 Lok. Daerah Mrican Hub. 024-91312155 0700/IKL/R/XI/02/11

KULINER

1051/IKL/R/XII/31/11

HILANG STNK NP H 1826 TG an. Primkopkar PT. PLN Dis JTG, Jl. Teuku umar 47 SMG TOKO PARABOLA Jl Hasanudin G 58 Pasang / servis / Yes TV / Indovision, Hub: 024-70889950

HILANG STNK NP. H 5713 SZ an. Suprijanto, Lamper Mijen RT. 01/06 Lamper tengah SMG

0873/IKL/PR/VI/09/11

HILANG STNK NP. H 6315 SP an. Kusmiati, Surtikanti VI/6 SMG

JASA PROPERTI DESAIN & SPESIALIS Renov/baru. Rmh, Kost (Free Gbr+Kitchen Set). 70129510 0641/IKL/B/VII/17/11

KEHILANGAN HLG STNK NP H 3432 RY an Wiwik Rukiyati Jl Tmn Borobudur Tmr Rt 09/10 Smg Brt 0015/IKL/R/I/17/12

HLG STNK NP H 4612 MZ an Sukrityo Jl. Srondol Kln Rt 02/01 Bymank Smg 0014/IKL/R/I/17/12

HLG STNK NP H 2038 JP an Andi Sucipto Jl jagalan No 75 Rt 06/04 Semarang Tengah 0013/IKL/R/I/14/12

HLG STNK NP H 3209 EP an Deviana Agustin Jl Karanroto Rt 3/3 Genuk Semarang 0012/IKL/R/I/14/12

HILANG STNK NP H 3924 LF an Slamet Riyadi Jl. Lodon II Rt 08/05 Bandarharjo Smg Utara 0009/IKL/R/I/06/12

HILANG STNK NP H 6471 PR an Slamet Pujianto Jl Asrama Polri Kalisari Rt 04/07 Blok 8/II Smg

1049/IKL/R/XII/29/11

1048/IKL/R/XII/29/11

HILANG STNK NP. H 3829 ER an. Winarno, Jl. Kawi III RT.04/04 Wonotinggal Candi sari SMG 1047/IKL/R/XII/29/11

0975/IKL/R/X/06/11

HILANG STNK NP . H 3092 P an Suratman, Tambak Mulyo RT.06/15 Tanjungmas SMG

FOREDI – Gel 200rb, GASA 250 rb, asli legal Hub 085641321999

1046/IKL/R/XII/29/11

0974/IKL/R/X/06/11

HILANG STNK NP H 6693CZ Winarno, Meteseh RT. 3/1 SMG

an.

1045/IKL/R/XII/28/11

HILANG STNK NP. H 3293 SZ an. Andrias Budi S, Pudakpayung RT.3/3 Banyumanik SMG 1044/IKL/R/XII/28/11

HILANG STNK NP. H 5167 JR an. Suryatini. BA, Tanah Putih RT.02/03 Candisari SMG

0906/IKL/B/VII/22/11

LOWONGAN

0007/IKL/R/I/06/12

HILANG STNK NP. H 2160 RE an Darto, Kramas RT.03/03 Tembalang Smg 1039/IKL/R/XII/28/11

HILANG STNK NP. H 3023 TW an. Ari Susanto, Jl. Candipawon TMR 1/32 Manyaran SMG 1038/IKL/R/XII/28/11

Fasilitas: Gaji, transport, bonus, dll. Min Rp 3-10 jt/bl. Pasti dan jenjang karier luas.

PELUANG USAHA

0988/IKL/R/XI/03/11

DIBUTUHKAN BEBERAPA

SALESMAN Kami perusahaan Distributor Bahan Baku Roti untuk pabrik roti membutuhkan beberapa salesman.

0886/IKL/PR/VIII/10/11

JADILAH BOS Bagi diri Anda sendiri. Bekerja dr rumah, potensi pendapatan rata2 1-5 Jt/bln, dgn part/full time. www.wfhweb.com/haris46

0011/IKL/R/I/12/12

USAHA Sampingan penghasilan 850rb - 5 Jt/ hari bersama PT. MNI hub. 085865007194 1029/IKL/R/XII/16/11

DAHSYATNYA INVESTASI FOREX!profit 2,5 juta/hari selama 250 hari (Modal Min.500rb) INFO? www.starttexas.com. ATAU? SMS “PETUNJUK” Hp 081905109444 1029/IKL/R/XII/15/11

MAU PUNYA Usaha sendiri? Gabung dgn minuman teh siap saji GOOD TEA Hub: 081228397779 / 085842174777 1025/IKL/R/XII/15/11

Syarat: - Usia max 30 th - Pendidikan min DIII/SI - Punya motor & SIM Lamaran ditujukan ke: Jl. Puspowarno I/20 Semarang 0975/IKL/R/X/07/11

DAHSYATNYA Bisnis FOREX! Profit Rp.2,5Jt/ hari, Modal Min, Rp.1Jt Cocok utk PNS, Pegawai Swasta dll. Info lengkap www.starttexas.com. SMS "PETUNJUK" Hp. 081905109444 1011/IKL/R/XI/25/11

PENDIDIKAN

DIBUTUHKAN 300 karyawan untuk perkebunan sawit, upah harian, bonus premi, mess, sembako, klinik gratis, jamsostek Hub. 081237225459 / 085651031888

DIJUAL MOBIL Mitsubisi Lancer’88 Plat H, hitam full variasi an sendiri pjk pjg Hub: 08562680116/085640178475 hrg 26 jt 0999/IKL/R/XI/11/11

JUAL MOBIL MITSUBISHI L300 DP BOX 1996 COKLAT ABU-ABU H 1853 WH. Hub: PT Artha Asia Finance 024-6700787 0904/IKL/R/VII/16/11

AGEN BABY SITTER, Jompo, Dpt U/ saku 4jt, Spor, Hkg, Twn, Gj 5jt GRATIS Fee Sponsor 8,5jt. Hub. PT RIMBA (021)84972854, 84971469, 33722294, 70533132, 70582811 0993/IKL/R/XI/09/11

JUAL MOBIL TOYOTA BU43 DUMP TRUCK 2005 MERAH H 1513 SG. Hub: Artha Asia Finance 024-6700787

hariansemarang@yahoo.co.id

PERBANKAN

SALON

RENTAL/TRAVEL SUZUKI SMASH Titan subsidi sampai 1,1jt DP 750rb angs 390rb Hub Lely 08563396086 SUZUKI MAJAPAHIT

Johar

Email:

0857/IKL/PR/I/21/11

PENGOBATAN Alternatif terapi air putih & zam-zam utk sgl penyakit Hub. Gus Rodi 024-70427247 Kel Mangunharjo Rt 01/02 0010/IKL/R/I/11/12

PIJAT Refleksi semua jenis penyakit sukarela dgn herbal. Hub. 024-6706482 / 91341819 / 0856405222372

1020/IKL/R/XII/3/11

TERAPI Cakra Spiritual (Biaya Sukarela), Gayamsari IV/22, Majapahit SMG. Telp.6706083

0958/IKL/V/IX/03/11

NEW MASSAGE & RILEXS call : Viona 085741812670

1005/IKL/R/XI/22/11

SEDOT lintah, gurah, rapetkan V, ED, Bekam, Telat bln, K-prawan, L sahwat. Kons: Raketkan pasgn, menata aura, buang sial Gayamsari IV/22 Majapahit Smg 6706083

0903/IKL/R/VII/16/11

0905/IKL/B/VII/22/11

JUAL MOBIL TOYOTA DYNA TRUCK 2000 MERAH H 1465 MC. Hub: Artha Asia Finance 024-6700787

INGIN KULIAH BHS Inggris & Belanda masuk saja di AKABA 17 Semarang Hub: 3552474 Seteran Dalam No 9 Semarang.

0902/IKL/R/VII/16/11

0851/IKL/PR/V/14/11

0600/IKL/B/V/05/11

TANAH DIJUAL

RUMAH DIJUAL

BU : JUAL TANAH Di Meteseh, Rumah Di Tembalang Hub. EDO (024) 50218699

0872/IKL/PR/VI/09/11

1004/IKL/R/XI/19/11

SPECIALIS IMPOTEN, ED, dll besarpanjang vital. Jeng Peni, 024 70021514

JUAL/BU: Tanah di Sampangn, tepi jln, 375 jt / Rmh dekat Java Mall, 1,5M (nego) Hub: 085640351333

0868/IKL/PR/VI/09/11

PIJAT Ibu Ida & mas Yulianto. Mengatasi ejakulasi dini, tambah perkasa, lulur & refleksi. Pekunden tengah III 4A Hub: 0248416725 ada tempat bisa dipanggil.

PEMBIAYAAN

DIJUAL RUMAH dr type 21–besar disemua wilayah Smg Hub: 024-74046753 / 081229044750 bisa di KPR cash/kredit. Langsung bertemu pemilik

1024/IKL/R/XII/15/11

DIJUAL RUMAH dr type 21-besar di semua wilayah Smg Hub: 024-74046753 / 081229044750 bisa di KPR cash/kredit. Langsung bertemu pemilik

1022/IKL/R/XII/12/11

DIJUAL RMH HM 4 KT LT.7x12 Hrg 120 jt Nego Jl. Murti Indah 36 Muktiharjo Hub. 081325918989

1019/IKL/R/XII/3/11

JUAL CEPAT rumah Semarang Indah Blok E 2 Lantai Komplit 420jt 085842763159

0990/IKL/R/XI/03/11

HUBUNGI

0627/IKL/A/VI/29/11

3JT “PAKET PERKAWINAN” lengkap rias pengantin + dekorasi + foto digital. Hub: 024-70427892

0888/IKL/I/VI/24/11

0863/IKL/I/V/28/11

DIJUAL KAVLING ukuran 12x25M dkt UNNES Sekaran, harga 100jt Hub:081225060117 0858/IKL/PR/V/25/11

DIJUAL TANAH SHM 2269 Luas 7000 M2 Di Pati Hub: 024 48502743 0739/IKL/R/I/06/11

UMROH/HAJI

0990/IKL/R/XI/03/11

LES PRIVAT Rombongan Matematika RSBI dijamin nilai diatas 8 Hub 0246706482 / 91341819 / 085640522372 0934/IKL/R/VIII/06/11

0866/IKL/PR/VI/09/11

PIJAT PENYEMBUHAN MERIDIAN Dan terapi alat vital, Hub Bp.Budi 085640003160 ada tempat & terima panggilan

0870/IKL/PR/VI/09/11

LES NGAJI QUR’AN, 085225518179

1021/IKL/R/XII/12/11

TRANS JAYA Shuttle Smg-Jog 45rb, Travel Smg – Pwt 65rb, rental elf/dutro lux 2011, Hub: 082136363678

MELAYANI segala perawatan massage dan lulur. Panggilan. Hub: RINA- 024 70203835

0895/IKL/I/VII/09/11

DR.BOYKE: OLESAN TAHAN LAMA!! 8 JAM!! (200rb) www.pasutrihot.com Hub 024-91139013 & 0857.4141.9393 LES PRIVAT KILAT : Terapi Telinga, buka Aura, Terapi Energi Bio ( Bersihkan neg dalam tubuh) 085842763159

RENTAL MOBIL harian/blnan. ELF, Ravelo, Avanza, Xenia, dll. Hub: 02474046753 / 081229044750

TERIMA Pijat Refleksi tradisional capek dan totok wajah. Hub: Wahyu 085725715951 (ada tempat)

0867/IKL/PR/VI/09/11

MOBIL DIJUAL

1040/IKL/R/XII/28/11

PENGOBATAN

024-91507718

PINJAMAN Tanpa Agunan.. khusus karyawan, gaji 2jt lewat transfer bank. Hub: Ardian 024-70247939 / 085876862929

0965/IKL/R/IX/20/11

1042/IKL/R/XII/28/11

HILANG STNK NP H 6118 WF an Nang Warianto Subarjdo Jl. Kp Bugen Rt 02/01 Muktiharjo Kidul Pedurungan Smg

0005/IKL/R/I/05/12

JUAL ALAT PENGHARUM RUANGAN OTOMATIS HUB. 085225518179

HILANG STNK NP . H 6490 DP an A. Budiyono, Kp. Penjaringan RT.06/01 Kemijen Smg HILANG STNK NP . H 6359 FS an Joko Pujanto, Brigjen Sudiarto No.299B RT.1/4 Smg

HILANG STNK NP H 4904 BP an Dwi Bagus Andrianto, Tanjungmas RT 6/11 SMG

0931/IKL/R/VIII/03/11

HILANG STNK NP. H 3142 FP an. Menik Maisaton, Jl. Seruni 3 No. 4 RT.7/10 Tlogosari Pedrgn SMG

0008/IKL/R/I/06/12

0006/IKL/R/I/05/12

JUAL GPS Tracking 2,5 jt/unit free berlangganan Web & GPRS selama 1 th Hub : Nanang 081330407550

1043/IKL/R/XII/28/11

1041/IKL/R/XII/28/11

HILANG STNK NP H 2216 ZN an Suhendri, Blerong RT 1/3 Guntur Demak

AMAN, legal, BPOMRI, Foredi-Gel 200rb. Pesan antar 085641321999

024-3512771

http://hariansemarangbanget.blogspot.com

Membutuhkan: Karyawan tetap untuk Marketing P/W usia 23-55 th yang sudah pengalaman

0660/IKL/R/VIII/27/11

LAIN-LAIN

SPOT 8.500,-/mmk 6.500,-/mmk 6.500,-/mmk 6.000,-/mmk

GLOBAL MANDIRI, Dis. Tunggal "Maturo Soya” (baru buka cab. Semarang)

Jl Kauman Barat 330 Semarang Telp 70345720 ES BUAH PALING ENAK Se-kota Semarang es buah “ DIRAJA” Putra es Kobar Solo

Blog:

7.500,-/baris 5.500,-/mmk 5.500,-/mmk 5.000,-/mmk

MOTOR DIJUAL

Lamaran lengkap langsung ke:

1050/IKL/R/XII/29/11

BW

Display Pendidikan Display Keluarga Display Sosial Display Duka Cita

Brosur dan Material Promo Anda Sampai Ke Tangan Pembaca, Karena Hanya Kami Ahlinya...

6

SELASA, 17 Januari 2012

ANDA membutuhkan pembiayaan mobil niaga. Hub kami: 081326526063 ENDA, 081225366581 DANI, 081332221288 INDRA, 081227321114 NURDI, 081225 551888 WIWIN, 082136291312 AJAY. Jl. Majapahit No. 321 A. Proses cepat BPKB Aman. 0878/IKL/PR/VI/10/11

JUAL RMH HM Bukit Menur Sendangmulyo LT 91m2 listrik 1300w, 2 kt, PAM, hrg 120 jt nego Hub. 02470554473 / 08812460658

0944/IKL/R/VIII/13/11

DI JUAL Segera: Kavling HM + 750m2 di sltn SLB Mgnhrjo Tmblng Smg View bgs, nego. HP: 082136898938.TP dan No SMS

0929/IKL/R/VIII/02/11

DIJUAL RUMAH Tanpa DP Angs 880rb/ bln, Lokasi Bangetayu Kulon 70320596 0919/IKL/R/VII/27/11

UMROH/HAJI dengan 3,5 jt bisa berangkat umroh/haji+ bersama PT. Arminareka fee Refrensi 1,5 jt/jamaah Hub: 08157647484 0869/IKL/PR/VI/09/11

Info Sehat

& ►LESTARI Agency Jl. MH. Thamrin 82 Semarang. Telp. (024 - 3557003) ►ADILA Agency Jl. Imam Bonjol II / 265 Semarang. Telp. (024 - 3511051)

Dapatkan Sajian Berita

PESONA SEMARANG yang sesungguhnya

►MANDRA Agency Jl. Rowosari 24, Rt.4/Rw.1 (blkg soto bangkong srondol) semarang. Hp. 081364624211 ►PAIMAN Agency Jl. Cendrawasih (Nusantara motor). Telp. (024 - 70321541)

Jl. Cakrawala. Telp. (024 - 7617666)

Jl. Cendrawasih (Nusantara Mtr)

►CANDI Agency Jl. Pandanaran 30 Semarang (Kantor suara merdeka). Telp. (024 - 8319726 / 081575005800)

►P. TUKIMIN Agency Wartel Lobi Stasiun Tawang ►KUSUMA (Bu Widi) Via Lestari Agc.

►KIN Agency SPBU Kali Babon. Telp. (024 - 70946876)

►KURNIA Agency Pos Ojek Depan Museum Ronggowarsito. Telp. (024 - 70422025)

►YUDI Agency Arteri Soekarno Hatta 29 Semarang. Telp. (024 - 70602050)

►DUTA Agency Jl. Kakap I no.1 Ruko Sebantengan Ungaran. Telp. (024 - 6925050)

►NURI Agency Jl. Setia Budi (depan masjid sukun). Telp. (024 - 7463240)

►TERBIT BARU Agency Jl. HOS. Cokroaminoto 322 Ungaran. Telp. (08179538247)

►USAHA KAWAN Agency Jl. Garuda 23 A Semarang. Telp. (024 - 3517063)

►KOPINDA Jl. Kusumawardani III no 37 Semarang.

►REMAJA ISLAM MASJID ANNAWAWI Gayamsari IV / 1

►WITO Agency Jl. Ngesrep Timur no.1 (wartel adi putra) Tembalang. Telp. (024 - 70315410)

►FITRI Agency (Warto) SPBU Gajah Mungkur. Telp. (081228896228)

►PAK MUL Siliwangi (Sebelah Mbok Berek)

►HARIANI Agency Jl. Plampitan 20 Semarang. Telp. (024 - 3541832) ►ERLANGGA Agency Jl. Erlangga Raya 24 semarang. Telp. (024 - 8313405) ►EKO Agency Jl. MT. Haryono (depan gg trengguli) Telp. (024 - 831955 )

►RIFAI Agency Pom Bensin Kalibabon. (024 - 70095713) ►ABDUL RAHMAN Tegal Sari Raya no. 119 (toko mas is). Telp. (024 - 8452855 / 085641557340 )

►TOPAS Agency Jl. Pamularsih (Belakang museum ronggowarsito). Telp. (024 70125273) ►AS’ARI Agency Jl. Sriwidodo Utara no.6 Semarang. Telp. (024 - 7607488) ►ANEKA MEDIA Agency

►KUSAERI Masjid Al Mashuri-Tugu Telp. (024 - 70414663)

►WONDO Agency Jl. Pandanaran 11 ►SUKRO Jl. Pandanaran 30 ►CANDI Jl. Pandanaran 30 ►SURYANTO Simpang Lima ►DARMA Agency Stadion Diponegoro ►AGEN KAB. DEMAK (Kusdoto) ►AGEN KAB. KENDAL (Wahyu Eka) Jl. Ry Gondang No.15 CepiringKendal (Depan Pom Bensin Gondang) Telp. 081390644888, 0294 - 383207 ►AGEN KAB. SALATIGA

►GASEM Agency Semarang

►ABABIL Agency Salatiga

►KUWADI Agency Depan Pasar Mranggen

►EKO Agency Salatiga

►SANIMAN Agency

“HARIAN SEMARANG” DAPAT DIPEROLEH DI AGEN-AGEN TERDEKAT DI KOTA SEMARANG DAN SEKITARNYA

Benarkah Kesehatan Lansia Menurun Akibat Kesepian? PADA kondisi yang sudah lanjut, umumnya lansia kurang dihargai, tersisih dari kehidupan masyarakat dan tidak jarang mereka menjadi orang yang terlantar. Fenomena ini terjadi karena adanya pergeseran nilai budaya tradisional, yaitu mereka menganut norma yang menganggap orangtua bagian dari kehidupan keluarga yang tidak dapat dipisahkan dan didasarkan pada suatu ikatan kekerabatan yang kuat dan orang tua dihormati serta dihargai sehingga anak-anak mempunyai kewajiban untuk mengurus orangtua. Namun, norma ini menjadi semakin berkurang dengan adanya kemajuan zaman. Di pihak lain, sebagian dari orang yang lebih muda masih beranggapan para lansia tidak perlu aktif dalam urusan kehidupan sehari-hari. Semua hal-hal yang diuraikan di atas akan memperburuk fungsi integrasi sosial dari para lansia dengan lingkungannya sehingga terjadi kesenjangan antara lansia dengan mereka yang lebih muda. Akibatnya, lansia hidup dalam keterasingan dan merasa kesepian yang akhirnya dapat menyebabkan depresi serta menurunnya daya tahan tubuh dengan segala manifestasi penyakit yang dapat ditimbulkannya. Oleh karena itu, dalam konteks mengatasi kesepian lansia ditinjau dari segi sosial budaya dan psikologik berarti lansia perlu meningkatkan komunikasinya dengan orang lain atau masyarakat

dan anggota masyarakat perlu menciptakan kondisi kehidupan bersama yang harmonis. Perlu diketahui, kita sebenarnya tidak mendadak menjadi tua ketika kita mencapai usia 65 tahun, ketika menjadi kakek atau nenek atau ketika mengalami menopause. Kita hanya tua jika kita merasa tua, jika kita menganut sikap bergantung kepada orang lain, tidak mandiri, membatasi aktivitas fisik dan mental, serta membatasi ruang lingkup pergaulan dengan orang lain. Memang setiap orang membutuhkan hubungan sosial dengan orang lain yang akrab dan mendalam. Kesepian yang merupakan derita batin dan dapat menghilangkan makna hidup dan eksistensi seseorang sebagai makhluk sosial mungkin saja terjadi jika hubungan sosial tersebut tidak terpenuhi. Ditinjau dari segi sosiologis seseorang mengalami kesepian karena merasa terasing, tidak dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan, dan perubahan pada pola kekerabatan. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesepian pada lansia dapat berupa sosialisasi tentang eksistensi lansia, meningkatkan peran lansia dalam organisasi, sosialisasi nilai budaya lokal suku bangsa, pembinaan hubungan antar generasi, membudayakan hidup serumah dengan lansia, maupun mengadakan pendidikan informal bagi lansia. (ifs)


INTERNASIONAL HUKUM & KRIMINAL PERISTIWA

senin, 15 november 2010 selasa, 17 Januari 2011

77 7

Komplotan Pembobol Toko Dibekuk Oleh Abdul Mughis Pemilik usaha di jalur pantura bisa sedikit lega karena tiga komplotan pembobol toko berhasil ditangkap Ditreskrimum Polda Jateng.

D

iTreSkriMuM Polda Jateng berhasil membekuk tiga pelaku spesialis pembobol toko yang kerap beraksi di lintas jalur pantura. Sasaran mereka adalah toko peralatan bangunan, beras, kacang ijo, ban truk dan lain-lain. Beberapa bulan terakhir, komplotan ini berhasil menyatroni lima toko di Kota Kudus, Jepara dan Demak. Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Djihartono mengatakan, komplotan ini telah lama menjadi target penangkapan. Bebeberapa aksinya telah membuat warga pemilik toko di jalur pantura resah. “Aksi terakhir dilakukan Kamis 12 Januari 2012 sekitar pukul 02. 30 di Toko Bahan Bangunan “Semar” Desa Pengajaran Bae Kudus,” katanya dalam gelar perkara, kemarin.

Menurutnya, komplotan ini cukup profesional dalam beraksi. Mereka telah beraksi berkali-kali, sedikitnya ada lima toko pernah disatroni. “Saat beraksi menggunakan mobil rental, Toyota Avanza warna biru muda H 8413 FE,” terangnya. Komplotan ini terdiri dari tiga orang, yakni Kurdi (41), warga Dusun Barus, Desa Kali Kondang RT 04/RW 06 Demak, Fahrozi (30) warga Desa Kali Kondang RT 03/RW 06 Demak serta Heri Kiswantoro (20), Desa Kali Kondang RT 05/RW 06, Demak. Sempat terjadi adegan fisik dan kejarkejaran saat proses penggerebekan dan terpaksa polisi melepaskan tembakan ke arah mobil yang dikendari para pelaku. Tembakan tersebut menembus kaca mobil bagian kiri depan, tanpa sengaja di dalam mobil ada seorang cewek pemandu karaoke bernama Devi Maulasari, warga Panjuran, Purwaganda RT 01/ RW 01 Jepara. Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Jateng, Kombes Bambang Rudi Pratiknyo menambahkan, dalam penggerebekan tersebut memang terdapat seorang warga sipil di dalam mobil kawanan penjahat ini. Polisi tidak mengetahui jika dalam mobil tersebut terdapat perempuan bernama Devi yang sekarang sudah diperbolehkan pulang usai menjalani perawatan di RSI Sultan Agung. (gus)

SABTU, 13 Agustus 2011

HARSEM/INDRA PRABAWA

Tiga pembobol toko di jalur pantura dimintai keterangan petugas

sambungan berita halaman 1 Ditutup, Panti ...

Pembunuh Suporter ... kepolisian saat ini melakukan evaluasi terkait sistem pengamanan pertandingan sepakbola. Sebagaimana bisa penonton membawa senjata tajam dan mampu lolos dari pengawasan polisi. “Kami akan perketat kewaspadaan dan lebih teliti saat mengawal pertandingan. Meskipun tawuran terjadi di luar stadion, namun insiden tersebut tetap menjadi tanggungjawab kami. Sehingga hal itu memerlukan kerja keras bagi kepolisian untuk melakukan pencegahan,” tandasnya. Terkait pengamanan, Djihartono menjelaskan bakal mengubah pola pengamanan pertandingan sepak bola. Artinya, kejadian tawuran suporter yang terjadi di luar arean stadion tersebut perlu dibaca dan diantisipasi. “Kami akan menerapkan pengamanan luar dan dalam stadion,” katanya. “Termasuk memperketat pemeriksaan suporter saat memasuki stadion. Hal itu sebagai salah satu upaya menjaring agar

stadion bersih dari senjata tajam,” tambahnya. Sebagaimana diketahui, bentrok maut tersebut berlangsung Sabtu (14/1) malam lalu, sekitar pukul 19.00- 20.00. Puluhan snexer pawai bermaksud untuk pulang ke Karangawen. Mereka dicegat sekelompok orang yang diduga anggota Panser Biru di Jalan Gajah, tepatnya di depan stadion futsal Spider. Terjadilah tawuran antara Panser dan Snex. Tak hanya itu, bentrok juga terjadi di dua titik yakni di depan Apple Karaoke Jalan Brigjen Sudiarto dan pertigaan Manunggal Jati. Sedikitnya empat snexer mengalami luka dan satu tewas akibat pukulan balok kayu dan senjata tajam. SNEXER terdesak dan berlangsung tidak seimbang, sebab gempuran panser saat itu memang menang jumlah. Empat korban luka masing-masing Bagus (19) dan Rio (17), Basuki dan Ari. Keempat anggotanya juga mengalami luka parah di bagian kepala akibat pukulan benda keras sejenis kayu dan senjata tajam. (rif)

Mayat Balita ... Sampai kini, mayat masih berada di RSUD Suwondo Kendal. Menurut Humas Polres Kendal AKP Suratno, mayat ditemukan oleh warga sudah dalam keadaan tak bernyawa pada Minggu (15/1) pukul 10.00. Usia balita tersebut sekitar 2,5. Saat ditemukan, balita tersebut memakai kaos dalam

warna putih, baju warna merah bermotif kembang model Cina, memakai kaos kaki warna merah, sepatu warna putih biru, memakai switer, dan celana warna cokelat, Tinggi kira-kira 70 cm, dan warna kulit sawo matang. “Bagi warga yang merasa kehilangan anaknya, bisa datang ke RSUD Kendal,” kata Suratno.

(ono/rif)

Absen Harian ... Absensi tersebut dipertanggungjawabkan di pantau oleh masing-masing ketua komisi. Ketua BK DPRD Salatiga Malikhah SP di ruang kerjanya Senin (16/1) mengatakan, selain sistem absensi harian, pihak BK juga memberlakukan pemantauan kinerja anggota dewan sesuai dengan tata tertib (tatib) DPRD Salatiga Nomor 2 Tahun 2000. Sesuai Pasal 148 Tatib, bagi anggota dewan yang tidak hadir sebanyak tiga kali dalam rapat jenis yang sama akan dilakukan tindakan sesuai kode etiknya. “Kami berlakukan pemantauan dan meluruskan pembelakukan Tatib agar kinerja anggota dewan sesuai rel dan tidka mengecewakan rakyat. Kantor dewan jangan sampai kosong, meski anggota dewan itu

bergerak di bidang politikus. “Sudah disetujui oleh pimpinan dewan,” tambahnya. Diakuinya, ada beberapa anggota dewan yang bisnis (usaha) di luar untuk menambah penghasilan. “Boleh usaha tapi jangan sampai menyita tugasnya,” katanya. Dari pengalaman munculnya konflik PAW anggota dewan salah satunya karena persoalan ketidakhadiran dalam rapat dalam jenis yang sama. Terkait hal ini, anggota DPRD dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Septa Maya H, mengaku gembira dan setuju dengan pemberlakukan absensi agar kerja dewan tegas dan tidak ada kesan hanya dolan saja. “Kami setuju Mas,” katanya. (hes/rif)

Sepuluh Menit ... Menyusul, motor Honda Supra X25 hitam milik korban kedua, Sutono bin Sudiro (57), warga Desa Ngemplik Wetan RT 07/RW 01, Karanganyar, juga raib. Pengakuan Sutono, motornya bernopol H-3115-TN baru dibeli seminggu lalu dari kenalannya yang bernama Kismatun, diparkir berdekatan dengan korban pertama. Kasubag Humas Polres Demak, AKP Sutomo

membenarkan adanya laporan dari dua pedagang pasar Karangayar. “Motor mereka hilang hampir bersamaan, dan jenis serta mereknya sama,” kata Sutomo. Pihaknya menduga pelaku curanmor (pencurian kendaraan bermotor) ini pelaku yang biasa mobiling, dan Polisi saat ini mencoba mengembangkan pencarian para pelaku. (swi/rif)

Kepala Kantor Penanaman Modan dan Perizinan Terpadu Valeanto Sukendro mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan melaksanakan razia di sejumlah hotel dan tempat hiburan, yang belum melaksanakan Perbup no 31 dan 32 tahun 2011. Yang mengatur tentang SOP hotel dan tempat hiburan. “Termasuk villa bila dikomersialkan akan kami razia,” tegas Sukendro, kemarin. Menurutnya, pelaksanaan Perbup tersebut sudah diawali dengan sosialisasi oleh Disporabudpar dan Satpol PP. Kepada seluruh pengelola tempat usaha, agar melengkapi SOP sesuai ketetapan yang dicantum dalam Perbup. “Hasil evaluasi yang upaya sosialisasi tersebut hingga kini masihbanyak ditemukan hotel, karaoke dan PMU yang belum penuhi SOP dan perizinannya,” ujar Sukendro. Dalam Perbup tersebut, lanjut dia, telah dicantumkan SOP yang mengatur tentang pengelolaan pengelolaan hotel dan tempat hiburan. Diantaranya tentang pintu karaoke dan PMU yang harus diberi celah kaca dengan ukuran tertentu, agar aktivitas di dalam dapat termonitor. “Itu hanya salah satunya saja, masih banyak hal lain yang harus dilakukan pengelola sesuai amanat Perbup,” tambah dia.

Sanksi Bertahap Ditegaskan, bahwa razia yang akan digelar pada 23 Januari mendatang dilakukan secara terkoordinasi bersama dengan Disporabudpar sebagai SKPD yang berperan dalam pengawasan dan pembinaan, serta Satpol PP sebagai SKPD penegak perda. Menurut Sukendro, bila dalam pelaksanaan razia mendatang pihaknya menemukan adanya pelanggaran SOP, maka pengelola hotel dan tempat hiburan akan diberi sanksi tegas. Pelaksanaan sanksi, tambah dia, akan diberikan secara bertahap, yakni peringatan pertama berlaku selama sebulan, peringatan kedua kembali untuk toleransi waktu sebulan, dan terakhir hanya tujuh hari. “Maksudnya, dua kali peringatan selama sebulan itu untuk memberi kesempatan bagi pengelola untuk melengkapi tempat usahanya sesuai SOP. Terakhir hanya tujuh hari bila tidak dipenuhi maka akan kamiberikan sanksi penutupan, bisa jadi berupa pencabutan izinnya,” tegas Sukendro. “Prinsipnya, dengan diberlakukannya Perbup tersebut diharapkan pengelolaan usaha tempat hiburan lebih transparan. Hal itu akan memudahkan pihak Pemkab dalam melakukan fungsi pengawasan dan pembinaan,” pungkasnya.

(ino/rif)

Korlap Protes ... Pihak ketiga tersebut hanya diujicobakan selama dua bulan untuk mengelola parkir di Kota Semarang. Protes tersebut dilayangkang melalui surat yang ditujukan pada Komisi B DPRD Kota Semarang, kemarin. Ketua PKKJP Ary Setyawan mengatakan, pengelolaan parkir tepi jalan umum memang dipegang PT CSA, sebagai masa ujicoba kerjasama antara Pemkot dengan pihak ketiga melalui penunjukan langsung oleh walikota. “Berdasar kabar yang kami terima, mereka malah sudah diputus sejak 21 Desember 2011, tapi mengapa sampai saat ini masih saja beroperasi. Itu merugikan kami para jukir dan korlap,” katanya usai melayangkan surat ke Komisi B. Seperti diketahui, diikutkannya pihak ketiga oleh Pemkot ini untuk menaikkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor parkir yang tidak pernah mencapai target yang telah ditetapkan.“Jumat (13/1) lalu kami sempat menanyakan masalah ini ke Dishubkominfo, dan Pak Sartana (Kabid Parkir) menyatakan PT CSA sudah diberhentikan karena sudah habis masa kontraknya, tapi rencananya akan diperpanjang,” ujar Ary yang juga korlap parkir kawasan MT Haryono, Mataram, dan Dr Cipto. Lelang Terbuka Pada dasarnya PKKJP tidak keberatan jika Pemkot menggandeng pihak ketiga untuk mengelola parkir. Hanya saja, sebelum ada peserta atau keputusan lelang pihak ketiga, ia meminta agar pengelolaan parkir tepi jalan umum diserahkan kembali ke Dishubkominfo dan korlap kembali dipekerjakan, sebab selama dipegang PT CSA para korlap tidak lagi dipakai. Menurutnya banyak jukir yang komplain karena tidak bisa memenuhi setoran, karena targetnya dinaikan. Hal serupa disampaikan Sugiono Sasongko, korlap parkir kawasan Pecinan yang mengatakan masalah parkir seharusnya ditangani orang yang mengerti parkir. “Kalau

memang dikerjasamakan kami ingin tetap dilibatkan. Sebab, kami orang-orang yang berlalu lalang mencari titik parkir. Sejak dulu,”tandasnya. Sementara itu, Kabid Perparkiran Dishubkominfo Kota Semarang Sartana, mengatakan, pelelangan parkir akan dilakukan secara terbuka pada 2012 ini sekitar Februari mendatang. Kerjasama pengelolaan parkir berdasar PP Nomor 50 Tahun 2007 tentang tata cara pelaksanaan kerjasama daerah. Sistem kerjasama itu juga diatur dalam Permendagri Nomor 22 Tahun 2009 tentang petunjuk teknis tata cara kerjasama daerah, dimana semua pihak bisa menjadi peserta. “Siapa pun boleh ikut lelang, termasuk PKKJP. Intinya Dishub dan Pemkot mau mencari calon peserta kerjasama. Dan akan akan dilakukan secara fair dan transparan,” ujarnya. Saat ini pihaknya belum bisa melakukan lelang lantaran masa anggaran APBD 2012 belum disahkan oleh gubernur. Selama belum terpilih peserta lelang, lanjut Sartana, maka pengelolaan parkir tepi jalan umum untuk sementara tetap dipegang PT CSA. “Karena keterbatasan personel, sementara waktu tetap dipegang oleh PT CSA,”jelasnya. Selama dipegang PT CSA, pendapatan mengalami kenaikan sekitar Rp70 juta per bulan. Sebelum ujicoba kerjasama ini, PAD parkir tepi jalan umum per bulan hanya Rp 90-95 juta. Sementara PT CSA mampu menyetorkan Rp 165 juta per bulan. Sedangkan target parkir 2012 sebesar Rp 5,4 miliar. Nanti tetap menggunakan sistem bank garansi atau dibayar dimuka. Sementara pada 2011, dari target Rp 4,8 miliar, hanya tercapai Rp 1,131 miliar. Tahun ini titik parkir di Kota Semarang terpangkas 40 titik, yakni di kawasan Simpanglima dan Pahlawan sehingga secara keseluruhan sekitar 1300 titik.

(pru/rif)

Antara Ayah ... Tak berapa lama kemudian ayahnya meninggal dunia. Seluruh bisnis dan harta diwariskan kepada Cokro untuk dikelola. Senang sekali hati Cokro dan Endah. Mereka menyangka hubungannya telah direstui keluarga besar Cokro. Kini mereka hidup berkecukupan. Berselang waktu kemudian, ayah Endah sakit

dan membutuhkan banyak uang untuk biaya pengobatannya. Ia bingung harus harus meminta kepada siapa. Jalan terakhir, ia beranikan diri menceritakan masalahnya kepada sauaminya. Karena jumlah dana yang dibutuhkan cukup besar, Cokro tidak berani memutuskan sepihak. Ia berkonsultasi dengan keluarga besarnya.

Dan hal ini dijadikan peluang keluarga Cokro untuk memisahkan pasangan ini. Diam-diam mereka mempengaruhi Endah. Kepada Endah diberikan pilihan, diberi uang untuk berobat ayahnya tapi harus bercerai dengan Cokro atau tetap bersama tapi tidak diberi sepeser uang pun.

Betapa bingung pikiran dia. Bimbang sekali hatinya. Bagai makan buah simalakama, ia dihadapkan pada pilihan sulit, antara ayah dan suami tercinta. Ia membicarakan hal ini kepada Cokro, sehingga amat terpukul hati suaminya itu. Tapi ia tidak dapat berbuat apa-apa. Bagaimanapun juga, harta sebanyak itu bukan

miliknya sendiri. Akhirnya, dengan terpaksa ia relakan Endah memilih ayahnya. Ia ingat bagaimana sedihnya jika ditinggal wafat orangtua tanpa sempat berbakti kepadanya. Lalu atas suruhan keluarga Cokro, Endah pergi ke Pengadilan Agama untuk mengurus gugatan cerainya. (ichwan)


oase

SELASA, 17 Januari 2012

R at u

8

F e l i s h a

Foto-foto mesranya dengan seorang pria ganteng beredar di internet. Diduga, munculnya gugatan cerai lantaran artis cantik ini dianggap telah berselingkuh. Benarkah?

A

RTIS cantik Ratu Felisha tampaknya mesti bersabar untuk dua pekan ke depan, ketika sidang perceraian dirinya dengan pria bernama Jules Korsten akan diputus oleh Hakim Pengadilan Agama Jakarta Selatan. “Dua minggu lagi, agendanya itu langsung putusan, tanggal 30 kalau nggak salah. Feli sendiri belum tentu datang, ya Insya Allah diusahakan,” ujar kuasa hukum Felisha, Reza Mahastra saat ditemui di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, kemarin. Antara Felisha dengan Jules memang kabarnya berbeda dua budaya, sehingga terjadi perceraian. “Beda dua negara sih memang tidak ngaruh ya, prinsipnya sih pribadi sekali ya. Ada perbedaan prinsip ya, jadinya jalan terbaiknya berpisah,” ujar Reza. Namun, konon, gugatan cerai itu muncul lantaran Feli telah berselingkuh dengan pria lain, dan foto-foto mesra mereka beredar luas di internet. Bahkan, sudah sekitar enam bulan Feli pisah ranjang dari suaminya. “Saya pribadi nggak tahu pasti kalau soal foto itu. Pokoknya prinsipnya ada permasalahan rumahtangga. Bisa jadi itu hanya teman kok,” tegas Reza, yang mengakui meski foto-foto itu sudah beredar luas di internet, namun tidak ada satu pihak pun yang mengajukan foto-foto tersebut sebagai bukti. Ratu Felisha menikah dengan Franciscus Emanuel alias Jules Korsten di Mesjid Imam Bonjol, Komplek TNI Pangkalan Jati, Jakarta Selatan, 24 Desember 2008 silam. Resepsi pernikahan mereka dilakukan di Pulau Bali, 29 Desember 2008. Kala itu, Feli mengaku ingin pernikahannya tersebut berlangsung sekali seumur hidup. (dnr)

Janda

Jelang HARSEM/KPL

Deswita Maharani

Umbar Gratis Klip “Lost Heart Tour”

INNALILLAHI wainnailaihi rojiun. Telah meninggal dunia, ibunda dari artis Deswita Maharani, Hj Kusyeti binti Harun Imam, Minggu (15/1), pukul 20.33, di RS MMC Kuningan, Jakarta Selatan, setelah menjalani perawatan sejak Selasa (10/01) sore. Sakit yang diderita merupakan penyakit lama, yakni gangguan liver sejak 2002. Selama merawat sang mama, Deswita mengaku sangat terbantu dengan peran sang pacar, Ferry Maryadi yang selalu mendampingi di saat-saat sulit. “Dia (Ferry Maryadi – red) sangat mensupport, dia luar biasa. Di akhir saat mama HARSEM/KPL saya sakit, orang yang mendampingi mama saya ya Ferry. Mama saya maunya tangannya dipegang sama Ferry saat mama saya sakit dan menggigil,” ungkapnya. Jenazah almarhumah dimakamkan di TPU Menteng Pulo, Jakarta Selatan, kemarin, berdampingan dengan keluarga. Deswita pun memohon maaf kepada sahabat dan teman-teman ibunya yang tidak sempat dikabari semasa almarhum masih sakit. “Mereka baru tahu, karena broadcast saya butuh darah kemarin,” tegasnya. (dnr)

GRUP band melodic punk asal Bandung, Rocket Rockers membagikan videoklip single Lost Heart Tour secara gratis. Video klip ini sendiri bisa diunduh di halaman situs label Seven Music. Videoklip yang disutradarai Moch Irsan dari Gravitasi ini mengambil materi dari perjalanan tur mereka selama di Singapura dan Malaysia dalam rangkaian tur bertajuk PSD Invasion Tour 2011 lalu. Videoklip ini mereka dedikasikan untuk perjalanan tur mereka sekaligus sebagai ungkapan terimakasih untuk fansnya. Lost Heart Tour dirilis pada akhir 2009 lalu, dan diedarkan secara gratis di purevolume.com. Single ini sendiri sempat menduduki chart No 1 di Pure Volume selama beberapa pekan dan menggeser posisi band internasional lainnya. Single ini menjadi jembatan antara materi lama Rocket Rokers menuju ke materi baru yang bisa didengarkan di album Tons Of Friends. Antusias para penggemar pun sungguh luar biasa terhadap materi baru dari yang coba

HARSEM/SEvENMuSIC

Ditinggal Ibunda Selamanya

ditawarkan oleh Rocket Rockers. Lagu ini sengaja tidak dimasukkan ke dalam album keempat, karena mereka ingin mengedarkan secara gratis di internet. Penasaran dengan videoklip serta perjalanan dari Rocket Rockers selama tur, langsung aja unduh klipnya di http://blog.sevenmusic.co.id. (dnr)

Apple Karaoke

“FUNKYHOLIC”, funky house untuk hall dan dimeriahkan oleh SQ HOME BAND bisa dinikmati mulai 20.00 s/d 03.00,bebas tiket masuk untuk Ladies,dapatkan promo cukup dengan Rp.80.000 nett dapat menikmati SQ cocktail sepuasnya.***

Berhadiah Honda CBR 150R dan Toyota All New Innova SATU lagi tempat hiburan di Semarang, Apple Entertainment melakukan terobosan dalam menjaring pelanggan, dengan menyediakan undian berhadiah satu unit motor Honda CBR 150R tiap tahun bagi para member Apple Karaoke. Bahkan, setiap dua tahun sekali, jaringan tempat hiburan ini juga akan mengundi grand prize berupa Toyota All New Innova. Humas Apple Grup Imam Rahmayadi mengatakan, selain motor CBR 150R, setiap bulannya Apple Karaoke juga menyediakan hadiah undian bulanan bagi member yang beruntung. Undian berlaku untuk pelanggan karaoke yang sudah memiliki Smart Card Member. Pemegang kartu tersebut berhak mengikuti undian bulanan dan tahunan ini. “Yang jelas semua tamu karaoke kami benar-benar dimanjakan dengan layanan serta fasilitas, termasuk dengan memberikan undian berhadiah motor CBR dan mobil Innova bagi para pelanggan loyal kami. Itu pun masih ditambah dengan undian berhadiah bulanan seperti Honda Revo, Blackberry, televise, dan lain-lain bagi pelanggan yang beruntung,” ungkapnya. Imam mengakui, mulai awal 2012 ini hingga seterusnya, jaringan outlet Apple Karaoke akan terus berinovasi dan mengembangkan diri untuk memuaskan customer. Para tamu yang saat ini menjadi member, akan mendapatkan berbagai macam fasilitas seperti cash back dan poin yang bisa diikutsertakan dalam undian berhadiah tersebut. “Para tamu akan mendapatkan cash back Rp 1.000 serta

DJ Echa di RnB Nite Babyface Motor Honda CBR 15 0R yang dijadikan hadiah undian pelangg an karaoke HAR

SEM/HERY PRIYONO satu poin undian dari total belanja kelipatan Rp 100 ribu dan seterusnya. Nantinya cash back itu diakumulasikan dan bisa digunakan atau diambil di semua outlet Apple Karaoke di mana saja, sedangkan untuk poinnya secara otomatis diikutsertakan dalam undian hadiah. Untuk jadi member-nya juga mudah saja, para tamu cukup bertransaksi di atas Rp 100 ribu dan secara otomatis akan menjadi member Apple Karaoke,” jelas Imam. (hep/dnr)

GELARAN RnB Nite bakal selalu hadir di Babyface Club & Karaoke. Untuk gelaran Rabu (18/1), DJ Echa 1945mf bakal beraksi memanaskan pengunjung. DJ Echa adalah DJ RnB asal Bali yang memulai karier sebagai DJ pada usia 19 tahun. Untuk menambah seru suasana party, tampil pula Babyface Sexy Models, Babyface Sexy Dancers, serta Resident DJ Julia dan Lime Light Band. Agar tidak kehabisan tempat yang nyaman sesuai selera, silakan menghubungi nomor 02476636555 (Club), 024-76635555 (Karaoke), atau menghubungi marketing kami di nomor 087710047722 (Putri) untuk reservasi. So… Be There.***


AY

SELASA, 17 Januari 2012

MBANGUN

JAWA TENGAH

Wakil ketua dPRd Temanggung Minta Maaf Wakil Ketua DPRD Temanggung Tunggul Purnomo, meminta maaf kepada petani tembakau di daerah tersebut terkait pernyataannya di beberapa media yang dianggap melukai hati petani dan memicu gejolak sosial. “Secara pribadi pada kesempatan ini saya menyampaikan mohon maaf kepada semua khalayak di Kabupaten Temanggung, jika pernyataan saya di media dianggap keliru. Yang jelas semangat membangun Temanggung ini butuh kebersamaan,”

kata Tunggul kepada pers di Temanggung, kemarin. Ungkapan permohonan maaf itu diucapkan Tunggul hingga dua kali. Pada kesempatan tersebut, hadir Kapolres Temanggung AKBP Kukuh Kalis Susilo dan sejumlah pengurus Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Temanggung. Sebelumnya, dalam menjawab pertanyaan wartawan, Tunggul mengungkapkan bahwa aksi demo yang dilakukan petani untuk menentang RPP tembakau tidak efektif dan rawan dimanfaatkan kelompok tertentu. (tab)

Jelang Pilgub Jateng

Pengurus PDIP Diminta Menahan Diri Pembatasan BBM Penuh Rekayasa

HARSEM/DOK

Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo saat bekerja untuk rakyat

P

aRa pengurus PDIP di berbagai daerah di Jawa Tengah diminta menahan diri menjelang Pemilihan Gubernur Jawa Tengah pada 2013. “Jawa Tengah masih memiliki tugas untuk fokus pada penataan organisasi,” kata Ketua DPD PDIP Daerah Jawa Tengah Murdoko, ketika membuka rapat kerja partai itu, di Semarang,

kemarin. Menurut dia, saling klaim dukungan menjelang pemilihan gubernur yang masih akan digelar setahun lagi, dinilai tidak akan menguntungkan PDIP. “Masih banyak anak cabang yang proses konsolidasinya belum selesai, hingga batas waktu yang ditetapkan,” kata Murdoko yang juga Ketua DPRD Jawa Tengah itu.

Selain itu, kata dia, masih banyak tugas legislator serta kepala daerah yang berasal dari partai itu terkait dengan tindak lanjut atas aspirasi masyarakat. Ia mengatakan, kondisi menjelang pemilihan gubernur di Jawa Tengah, berbeda dengan di DKI Jakarta. Ia menilai, DKI Jakarta memiliki kultur sendiri yang berbeda dengan Jawa Tengah dalam penentuan gubernur. Oleh

karena itu, pada waktu yang tersisa ini, ia meminta seluruh pengurus dan kader PDIP di tingkat daerah bekerja keras untuk internal partai dahulu. Pada kesempatan terpisah, Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo juga mengaku belum berpikir lebih jauh tentang pemilihan gubernur mendatang. “Saya mengalir seperti air saja, yang penting bekerja untuk rakyat,” katanya. (tab)

Ekspor Rokok dari kudus Melonjak

Tanah Tinjomoyo labil, Sebabkan longsor Susulan

Nilai ekspor rokok dari Kabupaten Kudus, pada 2011 mengalami kenaikan cukup signifikan sebesar 199,2 persen dibanding nilai ekspor tahun sebelumnya sebesar 16,46 juta dolar AS. “Adapun nilai ekspor rokok selama 2011 tercatat sebesar 49,26 juta dolar AS ini. Komoditas ini merupakan penyumbang ekspor terbanyak dibanding lainnya,” kata Kepala Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar Kabupaten Kudus Poerwadiyono melalui Kasi Perdagangan Luar Negeri Achmad, kemarin. Kenaikan nilai ekspor tersebut, katanya, karena adanya permintaan yang bertambah untuk beberapa negara, meskipun harga jual rokok mengalami kenaikan. Negara tujuan ekspor untuk komoditas rokok, mencapai 17 negara, di antaranya Malaysia dan Singapura yang menjadi negara tujuan ekspor terbesar. Sedangkan nilai ekspor nonmigas selama 2011 di Kabupaten Kudus sebesar 86,083 juta dolar AS atau naik sebesar 44,46 persen, dibandingkan dengan nilai ekspor 2010 hanya 59,59 juta dolar AS. (tab)

koNdiSi tanah yang labil di wilayah Kelurahan Tinjomoyo, Kecamatan Banyumanik, Semarang, kembali menyebabkan longsor di wilayah RT 04/RW 04. Akibatnya, dua rumah warga yang berada dekat dengan Sendang Wewe ini, kembali mengalami longsor susulan, belum lama ini sekitar pukul 03.00. Sebelumnya telah terjadi longsor pada 27 Desember yang lalu. Suyatno, salah satu pemilik rumah yang longsor mengatakan, longsor susulan terjadi pada Minggu (15/1). Mengingat sudah ada tanda-tanda akan longsor, dirinya pun telah memindahkan barang-barangnya dan tinggal sementara di rumah putranya, di belakang rumah miliknya. “Pada tanggal 27 Desember lalu, bagian utara rumah saya sudah ambles. Kemudian karena saya melihat bagian ruang keluarga juga sudah mulai retak, saya segera memindahkan barangbarang ke rumah anak saya,” katanya, kemarin saat ditemui di lokasi. Buat Trucuk Beruntung dirinya bersama istri dan anaknya sudah mengungsi, karena pada Minggu pagi longsor susulan terjadi membuat bagian ruang keluarga menjadi longsor. “Untung saya dan keluarga sudah pindah,” ungkapnya. Untuk antisipasi sementara, Suyatno bersama warga membuat trucuk sebagai penahan agar longsor tidak parah. Selain itu juga, warga setempat membantu pengadaan karung yang digunakan sebagai talud sementara. “Kemarin itu sudah kerja bakti bersama dengan tentara, membuat trucuk dari bambu. Ternyata malah longsor lagi,” lanjutnya. Suyatno menuturkan, untuk sementara dirinya mengungsi di

HARSEM/CUN CAHYA

Rumah Suyatno, warga RT 04/ RW 04, Kelurahan Tinjomoyo, Banyumanik yang kembali longsor, sehingga porak-poranda rumah putranya. Kejadian ini sudah dilaporkan ke Kelurahan Tinjomoyo. Dirinya meminta jika masih ada tanah bengkok sebagai tempat relokasi, namun sayangnya tanah tersebut telah habis digunakan untuk relokasi warga di wilayah RT 01/RW 01 yang rawan longsor. “Mau pindah kemana saya tidak tahu, sementara ngungsi dulu ke rumah anak saya. Dan juga ngambilin kusen kayu dan genting, lumayan kalau mau bangun rumah lagi bisa dipakai. Padahal kalau

ada saya mau untuk jangka panjangnya, kalau masih ada lahan saya mau tetapi tadi saat melapor ke kelurahan ternyata sudah habis,” tuturnya. Sementara itu, rumah milik Sukamti yang berada di rumah Suyatno pun longsor. Satu rumah miliknya habis tergerus longsor akibat tanah labil, padahal rumah tersebut baru setahun mendapat bantuan renovasi dari BKM Kelurahan setempat. “Sementara mengungsi di rumah mertua saya, yang letaknya belakang

SEkRETaRiS Fraksi PDIP DPR RI Bambang Wuryanto menyatakan penolakannya terhadap rencana pemerintah yang akan membatasi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Menurutnya hal tersebut ditengarai penuh dengan rekayasa dan ada permainan dari sejumlah pihak yang berusaha mendapatkan keuntungan. Statemennya tersebut dinyatakan dengan keras saat ditemui para wartawan pada acara rapat kerja daerah (Rakerda) II DPD PDIP Jateng di Panti Marhaen, Semarang, kemarin siang, yang juga dihadiri Ketua DPP PDIP Bidang Organisasi Djarot Syaiful Hidayat dan Ketua DPD PDIP Jateng Murdoko. “Coba saja Anda pikir sendiri, siapa yang paling diuntungkan kalau nanti BBM subsidi itu dibatasi, jelas pihak-pihak asing. Kalau sudah begini kan yang pertama kali paling dirugikan jelas Pertamina,” ujar politisi yang biasa disapa Bambang Pacul tersebut. Dirinya menuturkan, yang paling terkena dampaknya adalah kilang-kilang minyak milik Pertamina. Karena sekarang inipun dari kilang-kilang yang ada kebanyakan memproduksi premium ketimbang pertamax, dan jika BBM bersubsidi tersebut benar-benar dibatasi, maka persaingan dengan pihak asing seperti dengan Shell dan Petronas jelas akan sangat sengit, karena produk yang dijual jauh lebih banyak dibandingkan yang dijual pihak asing. “Pertamina seharinya memproduksi 600-650 ribu barel, kalau nanti dibatasi lalu mau dikemanakan kilang-kilang itu? Dijual juga tidak bakalan laku karena harganya jauh lebih mahal dari yang dijual pihak asing seperti Shell dan Petronas. Sekalipun kilang-kilang itu di-upgrade jadi kilang pertamax juga tidak mungkin, paling-paling jadi besi tua,” ungkap Anggota Komisi VII DPR RI tersebut. Lebih jauh dirinya mengkhawatirkan, jika benar nanti pada 1 April mendatang rencana pemerintah tersebut jadi direalisasikan, maka besar kemungkinan akan terjadi chaos di masyarakat. Dampak sampingnya, Bambang menambahkan, kebijakan tersebut jelas akan menimbulkan rasa ketidakpercayaan rakyat kepada pemerintah. “Setidaknya kami dari partai sudah memberi peringatan kepada pemerintah, namun kalaupun mereka tetap nekat melanjutkan rencana tersebut ya mau bilang apa lagi. Kita tahu di politik itu semuanya adalah masalah voting saja, tapi paling tidak dari PDIP sendiri sudah menyatakan menolak atas kebijakan tersebut,” tegasnya. (hep/tab)

rumah saya. Kebetulan rumahnya dempetan. Adanya longsor susulan ini saya pun merasa was-was, karena bagian belakang rumah mertua saya mulai longsor,” ungkapnya. Sukamti mengaku, sudah mendapatkan bantuan sembako dan selimut dari PMI, sembako dari kelurahan dan warga. “Saya belum tahu mau pindah kemana. Rencananya akan membangun rumah di depan rumah mertua saya, tetapi masih nunggu dananya dulu,” ungkapnya. (wam/tab)


selasa, 17 Januari 2012

harian semarang

AGAM

pok kePSIS

UKUM & KRIMINAL

ITIS

Suporter LepaS atribut “Bahkan sebelum terjadi insiden kemarin kami sudah berusaha membantu mereka untuk melakukan rekonsiliasi, tapi mungkin sosialisasi mereka tidak sampai ke arus bawah, dan mengenai korban-korban bentrokan kemarin sendiri manajemen juga akan memberikan santunan, terutama untuk korban meninggal,” pungkasnya.

LWALKOT

HARSEM/ARIEF FIRHANUSA

Suporter yang terkotak-kotak menimbulkan gesekan dan konflik sehingga berujung di rumah sakit. Dalam gambar, Rio, salah satu korban bentrokan Sabtu malam yang terluka parah

Oleh Wikha Setiawan & Wiwig Prayugi Manajemen PSIS akan menggelar pertemuan dengan SneX dan Panser Biru untuk merundingkan solusi terbaik supaya bentrok tidak terulang.

D

alaM waktu dekat ini kami akan segera mengundang kedua belah pihak untuk duduk bersama membahas solusi terbaik terkait masalah bentrok yang terjadi, kemarin,” ujar Direktur Operasional PSIS Novel Al Bakrie. Sejauh ini, pihak manejemen akan menyampaikan wacana kepada SneX maupun Panser Biru supaya tidak mengenakan atribut kebanggaan kelompok masing-masing ketika Mahesa Jenar menjamu Persikab Kabupaten Bandung pada 28 Januari. “Kepada semua suporter maupun penonton simpatisan, kami larang untuk mengenakan atribut SneX maupun Panser Biru. Ini demi menjaga kedamaian, terutama saat bermain di kandang,” lanjutnya.

Larangan mengenakan atribut tersebut, kata Novel, berlaku sebelum ada kesepakatan damai dari kedua belah pihak. Bahkan menurutnya, jika memang nantinya proses perdamaian Panser Biru-SneX menemui jalan buntu, pihak Panpel laga kandang PSIS tidak segan-segan untuk melakukan sweeping atribut sebelum mereka diperpolehkan masuk ke stadion. “Semua ini kami lakukan karena kejadian kemarin sudah melampaui batas, dan tidak bisa ditoleransi. Sebelum ada kesepakatan terbaik, lebih baik kedua belah pihak melepaskan atribut masing-masing saat menonton pertandingan PSIS,” paparnya. Novel juga menambahkan, dalam pertemuan yang bakal digelar oleh manajemen PSIS dengan kedua kelompok suporter yang bertikai tersebut, pihak PSIS akan mencoba memberikan beberapa solusi untuk mereka. “Dan salah satu solusinya mereka harus melebur diri menjadi satu, atau membubarkan keduanya untuk membentuk kelompok baru sehingga dengan begitu tidak ada lagi pertikaian yang dilandasi karena gengsi organisasi,” paparnya. Sementara terkait bentrokan kemarin yang memakan korban tewasnya salah satu anggota SneX, Ovik Arangga (19), warga Sidorejo, Kelurahan Cabean, Kecamatan Karangawen, Kabupaten Demak tersebut Novel membantah kalau pihak manajemen lepas tangan terhadap kejadian tersebut.

FOTO-FOTO: AREIF FIRHANUSA/INDRA PRABAWA

Januari 2012

Facebook Perkeruh Suasana Januari 2011

Januari, Bulan Duka karangawen

JanuaRI, persis setahun silam, Karangawen juga menjadi bahan berita karena tewasnya suporter. Pada Jumat pagi, 7 Januari 2011, anggota Panser Biru bernama Handoyo tewas setelah terjatuh dari kereta api yang ditumpanginya saat melintas di Desa Karangawen. Peristiwa ini terjadi saat korban yang mukim di Jaten, Gunungpati, ini bersama teman-temannya bertolak ke Gresik untuk menyaksikan partai Gresik United kontra PSIS. Peristiwa tersebut terjadi ketika kereta melintasi sebuah jembatan di Desa Karangawen, sekitar pukul 03.00 WIB. Dimungkinkan, korban mengantuk, sehingga saat terjadi getaran akibat kereta melintasi jembatan ia terkejut dan terjatuh dari atas

Tak Mudah Situasi panas yang menghinggapi kehidupan suporter Semarang di perjalanan PSIS awal musim ini membuat banyak pihak prihatin. Wacana pembubaran lalu meleburkan keduanya menjadi satu terus bermunculan. Meski bisa menjadi salah satu pilihan solusi, peleburan kedua kubu dinilai sulit. Sesepuh suporter Panser Biru Amat Priyadi mengatakan, baik Panser Biru maupun SneX memiliki sejarah sendiri-sendiri. Jika ada rencana membubarkan lalu menyatukan, itu harus dilakukan dengan telaah yang matang. Jangan lupa, kedua kubu suporter harus menyepakati. Kata sepakat bukan hanya keluar dari pentolan pengurus pusat, namun harus sampai tingkat korwil dan anggota yanmg ber-KTA. “Saya rasa akan sulit kalau keduanya dibubarkan. Untuk sementara, larangan menggunakan atribut dicoba dulu supaya tidak ada fanatisme berlebihan di kelompok masing-masing,” kata Mas Pri. Sementara itu, kelompok SneX menentang keras jika ada rencana membubarkan lalu menyatukan kedua kubu. Pasalnya, yang bisa membubarkan organisasi resmi supporter hanya anggota melalui korwil dan dilakukan melalui Kongres atau Musyawarah Luar Biasa. “Panser Biru dan SneX juga mempunyai AD/ART masing-masing karena keduanya adalah organisasi resmi. Bahkan, walikota pun tidak bisa membubarkan organisasi supporter,” kata sesepuh SneX Mawardi. Kejadian Sabtu (14/1) malam memang menjadi pukulan telak bagi kedua kubu. Pasalnya, selama ini relasi keduanya tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Gesekan kecil memang kerap terjadi, namun tidak terlalu parah. Untuk kasus tewasnya Ofik Arangga, Panser Biru dan SneX menyerakan sepenuhnya kepada aparat kepolisian untuk mengusut tuntas. Sementara itu, SneX juga tetap melakukan investigasi sendiri dengan membentuk tim khusus. Bukti-bukti akan dikumpulkan dan diserahkan ke kepolisian. Menurut Pengurus Pusat SneX, salah satu pelaku pengeroyokkan ada yang dikenali. Namun, pihaknya tidak akan melangkahi kepolisian. Selain itu, Panser-SneX tetap akan saling berkoordinasi untuk menghindari konfrontasi berkepanjangan. Imbauan sementara ialah larangan mengeluarkan statemen yang bernada provokasi baik melalui komunikasi langsung, media massa, maupun melalui dunia maya. “Ini menjadi pembelajaran bagi semuanya, jangan sampai kejadian ini menjadi berkelanjutan. Ketua Umum harus telaten mendekati korwil-korwilnya yang sering bergesekan,” tutup Mas Pri. (rif)

kereta. Mengetahui Handoyo terjengkang, teman-teman suporter yang berangkat bersama dari Semarang turun di Stasiun Randublatung, Blora, untuk kembali ke Semarang untuk melakukan pencarian. Agus Triyanto dan Dwi, dua orang yang melakukan pencarian, sempat menyerah karena tidak berhasil menemukan setelah menyusuri jalur kereta api sepanjang 15 kilometer. Korban ditemukan dalam kondisi tak bernyawa dan kondisinya sulit dikenali. Penemuan jasad korban diperkirakan sekitar pukul 06.00 WIB. Selanjutnya jasad itu di bawa ke Puskesmas Karangawen. Kemudian, siangnya, baru diangkut ke rumah duka. Kini, di bulan Januari pula, Karangawen berduka. (rif)

DunIa maya ditengarai sebagai salah satu pemicu perselisihan Panser Biru-SneX. Salah satunya di media Facebook. Jika ada sedikit masalah, maka akan banyak status provokatif berikut komentar-komentar yang mengandung unsur ancaman. Usai penyerangan terhadap beberapa anggota SneX, Sabtu malam, pengurus pusat SneX mengimbau agar anggotanya tidak mengeluarkan statement provokatif. Terutama melalui jejaring sosial baik facebook maupun twitter. “Di manapun medianya kami melarang anggota SneX membuat statement yang provokatif dan bernuansa dendam. Biarlah aparat yang menyelesaikan kasus ini. Cukup sampai di sini dan tolong jangan sesumbar di dunia maya,” kata Bang Jun. Facebook memang kerap menjadi ajang perang Panser BiruSneX. Pasalnya, pengguna yang aktif kebanyakan suporter remaja yang emosinya masih labil. Belum lagi jika ada yang membuat akun palsu yang sengaja untuk memprovokasi. Bang Jun mengharapkan, manajemen PSIS jangan tinggal diam. Ia mengaku belum mendapat respon dari manajemen setelah kejadian ini. SneX juga enggan berbicara mengenai isu bahwa Panser Biru dianakemaskan manajemen. “Kalau kita tidak dekat dengan manajemen, justru kita lebih bisa menjaga independensi organisasi. Tidak usah dipermasalahkan, karena yang kami dukung PSIS,” lanjutnya. Kalau Panser-SneX dibubarkan bagaimana? Bang Jun dan sesepuh SneX lain, Mawardi menegaskan, itu bukan solusi tepat. Jika ada wacana peleburan suporter, pihaknya belum bisa berkomentar. Namun, SneX menegaskan baik Panser Biru maupun SneX memiliki AD ART masing-masing karena organisasi resmi. “Saya kira itu bukan solusi tepat. Kita tunggu saja bagaimana tindakan Walikota Semarang. Untuk membubarkan suporter tidak mudah, yang berhak membubarkan ialah PP dan anggota yang diwadahi korkel dan korcab,” kata Mawardi. (wig/rif)

10 5

APA KATA mereka harian GananG IsmaIl semarang Mantan Project Officer PSIS

4

“satukan saja dua kelompok suporter tersebut. Bila ada dua kelompok suporter dalam satu tim, maka sangat berpotensi benturan kepentingan. Menurut saya, suporter datang ke stadion cukuplah untuk mendukung tim, bukan untuk huru hara.”

Putut sutoPo Mantan GM PSIS

harian semarang

“sebelum pertandingan, sebaiknya manajemen mengumpulkan suporter untuk disentuh secara manusiawi. Sumbangan yang diberikan pada saat jeda pertandingan tidak cukup menolong, sebab anak-anak kecil anggota dua kelompok itu belum memahami arti perdamaian. Ada istilah “bapak PSIS” di tribun Panser Biru, sementara di SneX tidak dipasangi, juga bisa menimbulkan kecemburuan.”

harian khusnul YakIn semarang

16

Pemain PSIS

8

“suPorter adalah bagian dari kami. Kehadirannya mewakili elemen penting permainan tim. Jadi, bila ada kekisruhan maka secara nonteknis kami juga terganggu, meski secara teknis tidak ada masalah. Datanglah ke stadion untuk mendukung kami, bukan untuk rusuh.”

YoYok sukawI Mantan GM PSIS

“saYa mengimbau kedua belah pihak jangan saling balas. Biar semuanya ditangani pihak berwajib. Gesekan SneX-Panser Biru bukan tawuran, melainkan adanya serangan dari oknum terhadap para snexer yang berjumlah sedikit. Ini serangan terencana. Jadi, saya pikir ini bukan ulah suporter tapi oknum yang memang bertujuan memecah belah. Suporter juga turut andil memajukan PSIS. Kasihan PSIS-nya kalau berantem, mumpung lagi bagus-bagusnya yuk dukung bareng-bareng.”

YoYok mardIjo

Ketua Umum Pengcab PSSI “sePakbola menjunjung tinggi fairplay. Suporternya juga harus bersikap sama. Saya setuju keduanya digabung saja, tetapi tentu tidak bisa segera, karena harus ada sosialisasi.” (rif/wse)


SP RT

SELASA, 17 Januari 2012

AGAM

Oleh Tri Wuryono

tapi menang. Sekarang, kami bermain bagus dan menemukan energi lagi untuk kembali ke permainan terbaik,” jelas Ranieri. Ya, yang terpenting Inter sudah kembali ke jalur scudetto dan memberi ancaman konkret terhadap para rival. ***

Kemenangan Inter Milan dalam Derby della Madonnina semakin membuka peluang Nerazzurri untuk berburu scudetto musim ini.

UKUM & KRIMINAL

11 5

harian semarang

4

harian semarang

16

harian semarang

8

dan kini kami menghentikan Milan. Hal pertama adalah masuk zona Liga Europa. Langkah berikutnya, kami harus mengejar zona Liga Champions.” Kemenangan ini memang tak mengubah posisi Inter di peringkat kelima. Namun, pasukan Biru Hitam semakin memperpendek jarak dengan Juventus, Milan, dan Udinese. Il Biscione kini hanya dipisahkan enam angka dari Juve, lima dari Milan dan tiga dari Udinese. Kemenangan ini juga semakin menegaskan dominasi Ranieri terhadap Rossoneri. Ya, dalam delapan pertemuan dengan AC Milan, pelatih yang dijuluki The Tinkerman karena keahliannya mereparasi tim yang sedang terpuruk itu memenangi empat di antaranya, tiga hasil imbang, dan sekali kalah. Dua musim meracik Juventus,

LWALKOT

2007/2008 dan 2008/2009, Ranieri mendapat dua kemenangan dan dua hasil imbang. Kemudian ia pindah ke ibukota dan menangani Roma dari 2009 hingga Februari 2011. Bersama I Lupi, Ranieri tiga kali bertemu AC Milan dan mencatat hasil menang, seri dan kalah masingmasing sekali. Ranieri juga memutus rekor tiga kemenangan Massimiliano Allegri dalam Derby della Madonnina. Musim lalu, Diavolo Rosso menang dengan skor 1-0 dan 3-0. Lalu pada final Piala Super Italiana di Beijing, Agustus lalu, Milan lagi-lagi menang dengan skor 2-1. Pelatih 60 tahun ini tak ambil pusing dengan kritikan Allegri yang menilai Inter bermain ultra difensif. “Kami bermain ketat, cerdas dalam taktik dan siap memukul mereka di setiap momen. Terkadang, di musim ini kami main buruk

Scudetto Kian Nyata Inilah Penyebab Torres Mandul

PERFORMA Fernando Torres belum juga sesuai harapan. Sebagai bomber termahal Liga Primer, ‘insting membunuh’ El Nino belum muncul. Legenda Chelsea Gianfranco Zola pun turut memberi kritikan untuk Si Bocah. Musim ini, Torres baru mengemas empat gol di semua kompetisi. Setelah mengamati langsung penampilan Torres dari stadion Stamford Bridge, Zola langsung menemukan jawaban atas mandulnya striker bernilai 50 juta pounds tersebut. Zola hadir di tribun penonton saat The Blues mengalahkan Sunderland 1-0 pada Sabtu (14/1) lalu. Torres berkontribusi besar atas satu-satunya gol Chelsea dalam laga tersebut saat tendangan akrobatiknya membentur mistar gawang dan bola muntah berhasil disambar Frank Lampard. Menurutnya, permainan Torres secara tim sudah cukup bagus. Namun, bila Torres ingin kembali tajam, maka Zola menyarankan penyerang berusia 27 tersebut memperbaiki penempatan posisinya. Menurut Zola,

positioning merupakan problem terbesar Torres. “Saya puas melihat penampilan Torres. Dia bermain baik sekali,” kata Zola seperti dikutip dari Sky Sports. “Hanya terkadang, saya berpikir dia membuat segalanya sulit bagi dirinya sendiri karena dia keluar dari area berbahaya terlalu sering,” tandas Zola. “Dia berusaha menemukan ruang di kiri dan kanan di saat seharusnya dia berada di tengah, di situ dia bisa mendapat banyak peluang mencetak gol. Saya pikir itulah yang menjadi permasalahannya,” tegas Zola. Mantan idola Napoli ini menyadari, keinginan Torres untuk segera mencetak gol sangat tinggi, yang membuatnya bekerja keras untuk menjemput bola. Namun, justru itulah yang membuat Torres terlambat saat peluang datang di mulut gawang. “Dia menjauh dari zona berbahaya, dia tidak mencetak gol, dan kepercayaan dirinya menukik tajam. Sungguh menyedihkan karena kamu bisa melihat sendiri seberapa besar potensi dirinya,” tutup pria asal Italia tersebut. (twu)

Diego Milito

Barcelona 4-2 Real Betis

Gawang Valdes Bobol Juga

Xavi Hernandez mencetak gol di partai ke-400 BARCELONA berhasil mengamankan tiga poin setelah mengalahkan tamunya, Real Betis dengan skor akhir 4-2. Namun, kemenangan tersebut juga menghentikan rekor clean sheet dalam sembilan partai La Liga di Camp Nou. Sebelum laga kontra Betis tersebut, Barca sudah melakoni sembilan pertandingan kandang di liga dengan hasil delapan kemenangan dan satu kali imbang, tanpa satu gol pun bersarang di gawang Victor Valdez. Menjamu Betis di Camp Nou, Senin (16/1) dinihari WIB, Azulgrana lebih dahulu memimpin melalui Xavi di menit ke-10 dan digandakan oleh Lionel Messi dua menit kemudian.

HARSEM/REUTERS

FOTO-FOTO: HARSEM/GETTY IMAGES

Ibrahimovic kali ini tak berkutik

HARSEM/REUTERS

I RITIS

NTER Milan membuat langkah besar dengan mempecundangi juara bertahan AC Milan dalam Derby della Madonnina, Senin (16/1) dinihari WIB. Kemenangan 1-0 tersebut tak lepas dari tangan dingin Claudio Ranieri, sang peracik strategi. Dalam Derby Milano yang digelar di Giuseppe Meazza tersebut, Inter yang kurang diunggulkan mampu menghentikan catatan rekor 12 partai tanpa kekalahan Rossoneri. Kecerdikan Ranieri menginstruksikan pasukannya melalui serangan balik terbukti mujarab. Zlatan Ibrahimovic cs dibuat mati kutu dengan taktik catenaccio yang dikembangkan Javier Zanetti cs. Meski tampil dominan dengan penguasaan bola 63%, namun Milan minim membuat ancaman ke gawang Julio Cesar. “Kami membuat langkah besar dan kemenangan atas Milan sangat penting. Ini pertemuan pertama dari dua pertemuan (di Serie-A) musim ini. Tiga kekalahan kami dari Juventus, Napoli, dan Udinese mengajarkan banyak pelajaran,” tandas Ranier. “Dari pertama saya datang ke sini, saya katakan bahwa scudetto di luar jangkauan. Juventus kemudian melambat

harian semarang

Betis memperkecil ketinggalan lewat Ruben Castro di menit 32 untuk menutup paruh jeda dengan kedudukan 2-1. Pemain pengganti Roque Santa Cruz sukses menyeimbangkan permainan lewat golnya di menit 52. Namun setelah Mario dikeluarkan dari pertandingan, Barca mampu membalikkan keadaan lewat Alexis Sanchez di menit 75 dan gol penalti Messi di menit 86. Kemenangan Barcelona atas Real Betis bukan cuma berarti tambahan tiga poin di papan klasemen. Ini juga merupakan kemenangan ke-100 Barca bersama pelatih Pep Guardiola di La Liga. Sejak dipercaya menukangi Barca

tiga setengah tahun silam, Guardiola sudah memimpin The Catalans melakoni 132 pertandingan liga. Dari 132 pertandingan tersebut, Barca menang 100 kali, seri 23 kali, dan cuma kalah 9 kali. Sementara, bagi Xavi Hernandez, partai kontra Betis tersebut merupakan yang ke-400 di Liga Spanyol. Yang lebih istimewa, Xavi mencetak gol di partai spesial tersebut. Dengan hasil ini Barca tetap berada di peringkat kedua dengan nilai 41, selisih lima angka dari Real Madrid yang ada di puncak klasemen. Kemenangan ini juga menjadi pemanasan jelang el clasico di perempatfinal Copa Del Ray kontra Real Madrid, Kamis (19/1) WIB. (twu)

Australia Terbuka

Caroline Wozniacki

UNGGULAN pertama sekaligus petenis putrid peringkat pertama Caroline Wozniacki belum menemui kesulitan berarti di babak pertama turnamen Australia Terbuka. Petenis Denmark itu melibas petenis tuan rumah Anastasia Rodionova. Partai yang digelar Minggu (15/1) malam waktu setempat itu hanya dihadiri sedikit penonton. Wozniacki hanya membutuhkan waktu 76 menit untuk menyudahi perlawanan Rodionova 6-2 6-1. Sementara, di tunggal putra, juara empat kali Roger Federer juga memenangi laga pertamanya. Federer menghabiskan 98 menit untuk mengalahkan pemain

kualifikasi peringkat 172 dunia, Alexander Kudryavtsev, di Rod Laver Arena, dengan tiga set langsung 7-5 6-2 6-2. Petenis Swiss berusia 30 itu masih dipertanyakan kondisinya setelah menarik diri dari pertandingan semifinal Qatar Open di minggu pertama Januari karena cedera bahu. Hari ini pemain-pemain unggulan lain akan memulai babak pertamanya termasuk unggulan teratas putra Novak Djokovic, Andy Murray, David Ferrer, Petra Kvitova, Maria Sharapova, dan petenis putri nomor satu Australia, Samantha Stosur. (twu)

Roger Federer

FOTO-FOTO: HARSEM/GETTY IMAGES

Wozniacki Lewati Hadangan Pertama


KAMPUS BBM: Bikin Bingung Masyarakat

S

DEBAT MAHASISWA

semu. Artinya harga barang kelihatan murah, namun kenyataannya pemerintah terjerat utang. Pemerintah tampaknya akan menjalankan pembatasan subsidi mulai 1 April 2012 sesuai amanat UU No 22 Tahun 2011 tentang ABPN 2012. Dalam UU tersebut dikatakan bahwa pengendalian anggaran subsidi BBM tahun 2012 akan dilakukan melalui pengalokasiannya lebih tepat sasaran dan kebijakan pengendalian konsumsinya. Dijelaskan bahwa pengalokasian BBM bersubsidi dilakukan melalui pembatasan konsumsi premium untuk kendaraan roda 4 milik pribadi di Jawa-Bali. Pengendalian dilakukan melalui program konversi minyak tanah ke elpiji. Ini membuat masyarakat bingung. Pembatasan subsidi BBM tentu akan menimbulkan efek domino. Baik masalah sosial, kriminal, maupun perekonomian. Namun yang paling jelas adalah dampak bagi kesejahteraan masyarakat. Ini akan menjadi cobaan bagi para pemilik usaha kecil menengah. Menurut Pariaman Sinaga (Peneliti di Kementrian Negara Koperasi dan UKM), hasil survei tahun 2006 dengan sampel sebesar 37.950 unit pelaku UKM dari 33 provinsi yang bergerak di lapangan usaha, semuanya menggunakan BBM. Di antaranya tahu tempe, kerupuk, pengolahan makanan, penangkapan ikan, warung makan, penggilingan padi, batik rumah tangga, genteng dan batu bata, angkutan umum, dan ojek. Kenaikkan harga BBM terakhir pada 2005 memberikan pengaruh signifikan bagi pelaku usaha kecil menengah. Hal itu membuat harga bahan baku meningkat sehingga mempengaruhi biaya produksi. Dampak paling besar pada sektor industri rumah tangga, nelayan, dan transportasi. BBM adalah kependekkan dari bahan bakar minyak bukan bikin bingung masyarakat. Harapannya pemerintah bisa lebih baik mengelola kebijakan subsidi BBM. Dalam UU sudah dikatakan bahwa subsidi BBM diperuntukan bagi masyarakat kalangan mengah bawah, bukan pejabat dan konglomerat. Pemerintah harus tegas menindak pengguna BBM subsidi yang tidak sesuai aturan. (Akhmad Solikhin, mahasiswa

Jurusan Biologi Unnes) (nji)

HARSEM/DOK

UBSIDI BBM merupakan upaya pemerintah untuk menekan biaya transportasi. Sehingga masyarakat kelas menengah ke bawah tidak kesulitan mendapatkannya. Kebijakan yang sudah ada sejak rezim Soeharto sampai Yudhoyono ini kerap menuai pro dan kontra. Ibarat dua sisi mata uang yang kontradiktif. Di satu sisi dikatakan efektif, namun di sisi lain dikatakan populis. Harga minyak dunia yang setiap tahunnya terus naik mempengaruhi anggaran subsidi pada APBN. Ini mengakibatkan APBN semakin defisit. Salah satu solusi efektif mencegah defisit adalah kebijakan pembatasan subsidi (baca: menaikkan harga). Namun kebijakan itu tidak populis. Jika pemerintah manut kepada rakyat, maka pemimpin akan tambah populer karena memenuhi kemauan rakyat. Namun jika pemimpin tetap mengambil kebijakanm maka pemimpin tidak populer di masyarakat karena kebijakannya berlawanan dengan harapan masyarakat. Pemimpin yang ingin terlihat populer akan selalu memenuhi apa kata masyarakatnya. Padahal dia malah akan kehilangan karakter dan panutan. Padahal, jika BBM subsidi tidak dibatasi apa yang akan terjadi? Sejarah subsidi dimulai dari Inggris yang kemudian diikuti negara-negara lain. Subsidi merupakan upaya injeksi ekonomi agar hargaharga terjangkau masyarakat. Dari pidato Presiden SBY pada 16 Agustus 2011, diketahui bahwa anggaran subsidi adalah sebesar Rp 80,9 triliun. Sungguh jumlah yang sangat fantastis dibanding anggaran untuk pendidikan sebesar Rp 31,5 trilun dan kesehatan 11,5 triliun. Beban subsidi BBM yang harus ditanggung negara selalu membengkak seiring naiknya harga minyak dunia. Subsidi BBM adalah langkah keliru. Mengapa? Pertama, ada ketidakadilan distribusi, mobil-mobil orang kaya juga ikut menikmati murahnya harga BBM. Selain itu kendaraan berplat merah memakai subsidi. Padahal seharusnya subsidi ditujukan untuk kalangan menengah ke bawah. Kedua, subsidi BBM yang terlalu besar mengakibatkan berkurangnya anggaran kesehatan, pendidikan, dan pos-pos penting lain. Subsidi akan menimbulkan efek ekonomi

Penumpang berdesakan di atap gerbong kereta listrik merupakan pemandangan rutin. Di tengah minimnya fasilitas transportasi untuk rakyat, pemerintah berencana mencabut subsidi BBM

BEM Fisip Undip Dilantik HARUS memiliki wawasan luas serta bisa memberikan contoh yang baik bagi para yunior merupakan hal yang harus dimiliki pengurus Senat Mahasiswa Fisip Undip. Demikian dikatakan Dekan Fisip Undip, Agus Hermani saat melantik fungsionaris BEM Fisip Undip periode 2012 di aula lantai III Gedung Fisip Undip Tembalang, kemarin. “Pimpinan yang baik harus mampu mengendalikan diri dari rasa marah. Untuk itu harus lebih banyak mendengarkan dan mengetahui apa yang mereka inginkan dan butuhkan. Selain itu juga harus pandai mengendalikan emosi,” jelasnya dalam sambutan. Selain itu, dikatakan, seorang pemimpin juga harus bisa memberikan pelayanan kepada siapa saja yang membutuhkan. “Jadi bukalah mata dan telinga lebar-lebar untuk banyak mendengar dan melihat,” ujarnya. Dijelaskan, jika menjadi pemimpin, berarti orang tersebut dituakan dan dipercaya untuk

bisa ngemong yang muda-muda. “Karenanya kepercayaan harus selalu dijaga,” tambahnya. Sementara itu, Presiden BEM terpilih periode 2012, Rafica Sari Andriani mengatakan, bahwa visi dan misi masa kepemimpinannya adalah partisipatif, progresif dan kontributif. “Partisipatif di antaranya dengan mengadakan pertemuan rutin dengan beberapa perwakilan mahasiswa, melakukan kegiatan mahasiswa seperti seminar nasional, bakti sosial, talkshow dan pentas musik,” jelasnya. Selanjutnya, progresif berarti harus menyinergikan pola koordinasi di setiap bidang yang dimiliki. “Sedangkan kontributif berarti kita siap secara aktif dalam setiap kegiatan,” jelasnya. Selain fungsionaris BEM yang dilantik, dekan juga melantik pengurus Senat Mahasiswa Fisip, unit kegiatan mahasiswa (ukm), Himpunan Mahasiswa Peduli Sosial, dan Lembaga Pers Mahasiswa Opini. (aris wasita widiastuti/nji)

HARSEM/DOK

Dekan Fisip Undip saat melantik fungsionaris BEM, kemarin

12

SELASA, 17 Januari 2012

Pembatasan Subsidi BBM Semua Hanya Sandiwara

Konversi Timbulkan Kontroversi

KENAIKAN BBM memang hal biasa, rutin belaka. Saban tahun selalu begini. Dilakukan dengan pemberitahuan serba ‘tergesa-gesa’ dan tidak terencana. Masyarakat diminta sabar dan tidak bereaksi terhadap kebijakan tersebut. Kenaikan BBM harus diterima secara legowo dengan ‘keyakinan’ bahwa memang semua wajar naik. Alasan klasik adalah akibat ditariknya subsidi. Pemerintah selalu digambarkan sebagai pihak yang bijaksana dan HARSEM/DOK realistis. Bahwa negara sedang membutuhkan pengorbanan dan sikap patriot rakyatnya. Sedang mereka (pemerintah) adalah pihak yang dideskripsikan sudah ‘jungkir-balik’ berusaha ‘mati-matian’ menekan laju kenaikan BBM yang demikian dahsyat, namun tidak berdaya. Di sini lakon-lakon yang dimainkan oleh pejabat negara seperti pemain sinetron yang bisa membuat rakyat lupa dari tekanan dan himpitan hidup sehari-hari. Rakyat seperti bisa dengan leluasa melihat birunya langit, burung-burung bernyanyi, wajahwajah cantik dan tampan berseri yang jauh dari kekerasan dan manipulasi. Alhasil, semua program pemerintah dianggap baik dan indah. Tidak seperti realita, selalu ‘gontok-gontokan’ dan hanya diisi tikus-tikus rakus. Namun apakah dramatisasi kenaikan BBM tahun ini akan selalu demikian pada tahun-tahun berikutnya? Atau malah menjadi titik tolak rakyat untuk melawan? Membuat rakyat semakin muak dengan program pemerintah yang sudah tidak pada relnya? Benarkah mereka peduli penderitaan rakyat? Mari kita sama-sama menyimak kelanjutan sinetron baru berjudul BBM ini. (M Nafiul Haris, mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional, FISIP

PEMBATASAN BBM bersubsidi rencananya akan dilakukan mulai 1 April 2012. Itu berarti para pemilik kendaraan roda empat yang berpelat hitam harus beralih ke pertamax yang harganya hampir 2 kali lipat dibanding premium. Selain itu pemerintah juga menawarkan opsi tentang konversi dari BBM ke BBG. Namun, hal itu justru semakin membuat rumit. Pasalnya, aksi pemerintah yang sudah menggulirkan isu ini setahun yang lalu ternyata HARSEM/DOK tidak dibarengi dengan langkah kongkrit. Misalnya pembangunan infrastuktur yang memadai. Hal ini mengindikasikan bahwa pemerintah memang belum siap untuk menyongsong perubahan yang lebih baik. Di sisi lain, berbagai permasalahan teknis juga belum menemukan titik terang. Misalnya saja converter kit yang harganya belum sesuai dengan kantong rakyat. Belum lagi inflasi yang diperkirakan bertambah sekitar 0,72 - 0,94 %, sehingga sepanjang tahun 2012 akan mencapai 5,44%. Selain itu, dalam masyarakat akan terjadi kesenjangan sosial antara kendaraan yang masih mendapatkan subsidi dengan yang tidak. Semua hal ini perlu diperhatikan sebelum program direalisasikan. Sebenarnya konversi ataupun pembatasan BBM baik untuk diterapkan. Pembatasan harus tepat sasaran dan prorakyat, tidak instan, dan yang terpenting ada sosialisasi ke masyarakat. Oleh karena itu perlu persiapan matang untuk menjalankan program ini, agar masyarakat tidak dirugikan. (Novita Nur ‘Inayah, mahasiswa Fakultas

Universitas Wahid Hasyim Semarang) (nji)

Jangan Ambil Hak Rakyat TAK peduli ditentang banyak pihak, pemerintah bersikukuh menerapkan pembatasan subsidi bahan bakar minyak (BBM) mulai 1 april 2012 mendatang. Keputusan ini sangat memaksa dan minim pertimbangan. Nasib daerah-daerah seperti Samarinda, Papua, Kalimantan, dan Sulawesi misalnya, tanpa dibatasi pun sudah langka terlebih bila dibatasi tentu akan semakin mempersulit nasib rakyat. Di sisi lain, persiapan infrastruktur HARSEM/DOK alat di SPBU masih simpang siur. Ini mengindikasikan kurangnya koordinasi oleh pemerintah kepada Pertamina dan pengambilan keputusan ini bisa dibilang terlalu gegabah. Rencananya dana pembatasan subsidi BBM ini akan dialokasikan untuk pembangunan nasional sebagaimana diungkapkan Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral(ESDM), Widjoyono Partowidagdo. Namun tak ada yang bisa menjamin dana sebesar 40 triliun pertahun tersebut akan benar-benar dialokasikan untuk kebutuhan pembangunan dan bebas dari ancaman korupsi. Proyek besar seperti ini selalu menjadi lahan subur koruptor. Hanya ada satu peribahasa yang mewakili penderitaan rakyat, sudah jatuh tertimpa tangga. sudah dibatasi subsidi, masih juga dikorupsi. Maka tindakan antisipasif perlu dilakukan mulai sekarang. Alasan dana pembangunan nasional tersebut menjadi bukti ketidakmampuan pemerintah memenuhi anggaran pembangunan Negara sehingga harus mengambil dana subsidi yang seharusnya menjadi hak rakyat. Singkatnya, pembatasan subsidi ataupun peningkatan harga BBM akan semakin merugikan rakyat menengah kebawah yang merupakan jumlah mayoritas di Indonesia. (Faiqoh Rosita, mahasiswa Fakultas Ushuluddin Program Khusus (FUPK) Tafsir Hadist IAIN Walisongo Semarang) (nji)

Tema Debat Pekan Depan

April MOP Kenaikan Harga BBM DENGAN pertimbangan banyaknya tanggapan atas debat Pembatasan Subsisi BBM, maka debat pekan depan mengambil tema senada. Seperti diberitakan, mulai 1 April pemerintah akan menaikan harga BBM. Langkah pemerintah ini bagaikan April MOP bagi rakyat. Bedanya, jika April MOP hanya guyonon, yang ini benar-benar mencekik rakyat. Bagaimana tidak. Di tengah skandal renovasi gedung DPR yang menelan dana puluhan miliar, pemerintah mencabut subsidi dengan alasan mencegah defisit APBN. Di sisi lain, pemerintah tak serius mengusut kasus rekening gendut PNS, korupsi kelas kakap, dan beragam skandal wani piro lainnya. Apa pendapat Anda mengenai kenaikan harga BBM? Apa dampaknya bagi masyarakat dan perekonomian? Kirimkan pendapat melalui email harian.semarang@yahoo.com paling telat Minggu (22 Januari 2012) dengan menyertakan foto santai. Panjang tulisan sekitar 1.500 karakter. (red)

Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang) (nji)

Batasi BBM, Tetapkan Harga KEBIJAKAN pemerintah prihal pembatasan konsumsi Bahan Bakar minyak (BBM) merupakan langkah efektif dibanding menaikkan harga BBM. Di samping untuk menjaga kenaikan inflasi, pembatsan BBM untuk meminimalisir beban anggaran yang selama ini menumpuk akibat subsidi. Bila inflasi terjadi maka banyak pihak yang dirugikan khususnya masyarakat. Ini bisa dibuktikan dengan salah satu akibat oleh adanya inflasi. Misal, naiknya harga barang HARSEM/DOK dan jasa, berkurangnya nilai kepercayaan masyarakat terhadap nilai dan uang. Jelas, kita tidak menginginkan hal itu terjadi. Demikian pula membengkaknya beban anggaran yang pada tahun ini diperkirakan menembus 88,9 triliun. PR besar bagi pemerintah. Oleh karena itu, upaya pembatasan BBM oleh pemerintah, baik dengan dengan mengganti premium ke pertamax atau bahan bakar gas (BBG) dan yang lainnya merupakan bagian dari solusi jitu dan perlu mendapat respon positif dari masyarakat. tidak Tuput dari pengamatan penulis, pemerintah perlu mempersiapkan langkah solutif bersamaan dengan pelaksanaan program tersebut sehingga dampak negatif dapat dikurangi. Tidak menutup kemungkinan apa yang dipandang baik hari ini justru tidak baik untuk hari selanjutnya. “Sedia payung sebelum hujan” demikian kata pepatah. (Tika, mahasiswa Fakultas Ushuluddin Program Khusus (FUPK) IAIN Walisongo Semarang) (nji)

Tak Ada Artinya DESAKAN lembaga asing berhasil menekan Indonesia untuk menaikkan harga BBM. Indonesia dipaksa secara sistemik agar mencabut subsidi BBM.. Alasannya, subsidi membuat kemampuan fiskal menjadi terbatas untuk belanja lain yang lebih efektif. Jumlah subsidi yang dikeluarkan tidak sebanding jumlah belanja mobil yang meningkat. Subsidi terus membengkak, tercatat penjualan mobil tahun 2011 menembus angka 900 ribu unit. Pada 2012 HARSEM/DOK diduga penjualan mobil mencapai 1 juta unit dan sepeda motor 6 juta unit. Jelas, jika subsidi BBM tidak dicabut fiskal akan lebih tertekan. Subsidi energi pun akan menembus Rp 160 triliun. Subsidi BBM selama ini lebih banyak dinikmati kaum kaya dibanding masyarakat umum. Terbukti kebanyakan pemilik mobil adalah orang kaya. Namun kenaikan harga BBM akan berdampak inflasi. Inflasi akan mempengaruhi nilai tukar dan suku bunga. Tahun lalu, antara September dan November 2011, karena fluktuasi nilai tukar, cadangan devisa terkikis 10 miliar dolar AS dengan biaya stabilisasi mencapai Rp 50 triliun. Jika stabilisasi nilai tukar demikian tinggi, maka penghematan subsidi BBM menjadi tidak ada artinya. Apalagi, jika kita lihat penarikan pembayaran utang luar negeri (ULN). Tahun lalu, realisasi penarikan Rp 296,5 triliun dan realisasi pembayaran ULN Rp 1.063 triliun. Angka-angka itu membuktikan, tidak banyak arti subsidi dibanding dampak perilaku dan cara pikir pemerintah dalam soal liberalisasi sektor keuangan dan ULN. (Widodo, mahasiswa Fakultas Syariah IAIN Walisongo Semarang) (nji)

654 PKM Unnes Didanai SEBANYAK 654 proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Negeri Semarang (Unnes) dinyatakan lolos seleksi sehingga berhak mendapatkan pendanaan dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti). Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Unnes Prof Masrukhi mengungkapkan, semua proposal PKM itu terdiri atas semua kategori yang dibuka Dikti. Masing-masing terdiri PKM Kewirausahaan (PKMK) sebanyak 292 proposal, PKM Pengabdian kepada Masyarakat (PKMM) 216 proposal, PKM Penelitian (PKMP) 114 proposal, PKM Penerapan Teknologi (PKMT) 19 proposal, dan PKMC sebanyak 13 proposal. “Jumlah ini dua kali lipat lebih banyak

dibandingkan dengan proposal yang lolos tahun lalu. Secara presentase terjadi peningkatan sekitar 255%,” jelasnya, kemarin. Dengan hasil itu pula, Masrukhi melanjutkan, Unnes mencatatkan diri sebagai perguruan tinggi yang paling banyak meloloskan PKM secara nasional. Disusul, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya dengan 583 dan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dengan 476 proposal. Dari hasil seleksi ini, Masrukhi menjelaskan, proses berikutnya Dikti akan meminta kontrak kerja dengan para pembantu rektor bidang kemahasiswaan. Sementara pelaksanaan program dijadwalkan akan dimulai Januari ini dan

akan dipantau pelaksanaannya pada Mei mendatang. (sokhibun ni’am)

10 Besar PT Program Kreativitas Mahasiswa Perguruan Tinggi

Proposal Lolos

1. Unnes 2. ITS 3. UGM. 4. IPB. 5. UNS. 6. UB. 7. Unair. 8. Undip. 9. UNY. 10. Unpad. Sumber: DP2M Ditjen Dikti (dikti.go.id)

654 583 476 405 354 313 293 241 198 123


HARIAN SEMARANG 170112