Issuu on Google+

Rp 1.000 GRATIS HARIAN SEMARANG UNTUK 10 PEMBELI PERTAMA

www.koranhariansemarang.com

dengan nilai belanja minimal Rp 40.000, (khusus untuk Member Kartu AKU) * Hanya berlaku di Alfamart Kota Semarang Halaman

kamis kliwon, 27 Desember 2012 | Terbit 16 Halaman | Redaksi (024) 3518359, Faks (024) 3516531 | Iklan & Pemasaran (024) 3516531, 91507718, Faks (024) 3516531

Nyabu, Dua Sejoli Diringkus Vina Panduwinata

Diciduk di Sebuah Kamar Hotel

Tertimpa Tembok, Bayi Selamat

Dobel Keuntungan

m

aLam tahun baru jadi lumbung uang sekaligus jatah liburan gratis bagi artis. Ini kerap dialami Vina Panduwinata. Itu mengapa ia tak pernah segan mengambil job tahun baru. Alhasil jika tidak ada permintaan khusus dari anaknya, penyanyi yang dijuluki “Si Burung Camar” ini pun selalu mengajak liburan keluarga di tempat ia manggung pada malam tahun baru. Vina punya kebiasaan unik dalam menyambut malam pergantian tahun. Apa itu? “Pergantian tahun ada pergantian energi. Semua agama ajarkan dari pergantian jam itu ada yang dzikir. Walaupun sedang di atas panggung, 1-2 detik bisa ambil saat nyanyi. Dzikir itu sama kayak kita wushu,” tuturnya.

(yul)

MU Makin Kokoh di Puncak jaVieR “Chicharito” Hernandez lagi-lagi menjadi pahlawan kemenangan Manchester United. Gol Chicharito di menit-menit akhir, membuat Setan Merah menang 4-3 atas Newcastle United dalam laga Boxing Day di Old Trafford, Rabu (26/12) malam WIB. Tuan rumah sempat tiga kali tertinggal, sebelum akhirnya menutup pertandingan dengan kemenangan. Pertandingan baru berjalan empat menit, James Perch menjebol gawang David De Gea. Jonny Evans berhasil menyamakan skor di menit 25, memanfaatkan bola rebound hasil sepakan Javier Hernandez. Namun, hanya empat menit berselang, Evans justru membuat gol ke gawangnya sendiri. The Magpies menutup paruh pertama dengan keunggulan 2-1. Di babak kedua, MU kembali menyamakan skor di menit 58. Kali ini giliran Patrice Evra yang menjadi aktornya. Sepuluh menit kemudian, lagi-lagi tim tamu berhasil unggul lewat Pappis Cisse.

Bersambung Hal 7

Sebuah tembok pabrik milik PT Dwi Karya di Jalan Tambra Dalam III RT 03/ RW 11 Kelurahan Kuningan, Semarang Utara, roboh, kemarin pagi sekitar pukul 08.00. Pagar tembok pabrik plastik setinggi sekitar 4 meter tersebut tiba-tiba roboh menimpa empat rumah di sekitar lokasi kejadian. Sedikitnya dua warga mengalami luka-luka akibat tertimpa reruntuhan pabrik pembuatan plastik tersebut. Satu di antara korban adalah seorang bayi berusia 2 bulan, Muhammad Nauval Arta Vino. Korban berikutnya adalah Widiyanto (33), warga yang tinggal di sekitar lokasi kejadian. Diduga, tembok tersebut runtuh akibat rapuh termakan usia. Sementara pemilik tembok diduga teledor tidak memperhatikan kondisi tembok yang membahayakan masyarakat sekitarnya.

Bersambung Hal 7

HARSEM/INDRA PRABAWA

lima tersangka, salah satunya perempuan (bercelana pendek warna putih), digiring dalam gelar perkara di Polrestabes Semarang, kemarin

Tim Satuan Reserse Kriminal Narkoba Polrestabes Semarang menunjukkan taringnya kembali membongkar peredaran narkoba di Kota Semarang.

N

amuN demikian, licinnya para pelaku peredaran narkoba jenis sabu-sabu membuat polisi hanya mampu meringkus hingga tahap

pengedar saja. Sementara pada tingkat bos atau bandar tampaknya masih bebas berkeliaran dan belum tersentuh polisi. Tim Polrestabes Semarang meringkus dua orang sedang pesta sabu di Hotel Terboyo Indah kamar No 306, Jalan Terboyo, Kelurahan Terboyo Wetan, Kecamatan Genuk. Masing-masing seorang pria bernama Soney (32), warga Kaligawe Semarang, dan seorang teman wanitanya, Fitri (25), warga Karangsawo Semarang. Dua pelaku yang tinggal bertetangga itu mengaku hanya sebagai pengguna. Saat digrebek petugas di dalam kamar,

dua sejoli ini tengah nyabu. Mereka diduga telah menggunakan barang haram itu sejak lama. Bahkan Soney mengaku telah lebih sepuluh tahun menyedot barang haram ini. “Saya memakai sabu sejak tahun 2000,” ujar Soney saat gelar perkara di Mapolrestabes Semarang, kemarin. Keduanya ditangkap pada Minggu (9/12) lalu, sekitar pukul 21.00. Kepada polisi, Soney mengaku mendapatkan sabu tersebut dengan cara memesan melalui telepon. “Saya tidak pernah bertemu dengan pengedar. Setiap kali (ingin nyabu) saya hanya pesan melalui telepon, lalu mengambil di pinggir jalan,’’ akunya.

Bersambung Hal 7

Perluasan Bandara Polisi Salah Tembak: Terbengkelai KeLaNjutaN perluasan Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang hingga kini masih terbengkelai. Baik dari PT Angkasa Pura I dan Pemkot Semarang, sampai dengan akhir tahun ini belum melakukan kegiatan pembangunan. Padahal, revitalisasi bandara tersebut sebelumnya dijadwalkan rampung pada Juni 2013. Bahkan, Gubernur Jateng Bibit Waluyo pun sudah ‘berkoar’koar’ dalam setiap sambutannya bahwa pembangunannya akan segera rampung. Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo) Jateng Urip Sihabudin mengaku tetap optimistis pembangunan masih berlanjut. Untuk saat ini, kata dia, pemadatan tanah sudah selesai. Proses selanjutnya, tinggal pengembangan fisik terminal penumpang. Dananya bersumber dari APBN dan yang berwenang melakukan lelang adalah PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. “Tapi sampai sekarang belum ada lelang, info yang kami terima belum clear. Kami berharap adanya jadwal lelang itu agar jangan kelamaan,” harapnya. Selain terminal penumpang, nantinya apron atau tempat parkir pesawat juga akan diperluas pada 2013 mendatang. Revitalisasi bandara itu sendiri mengusung konsep green airport.

49 Korban, 17 Tewas

Kepolisian Republik Indonesia rupanya masih terlalu gegabah saat bertugas. Terbukti, selama 2012, sedikitnya ada 37 kasus salah tembak. Kasus salah tembak tersebut menelan korban 49 orang, 17 di antaranya tewas dan 32 lukaluka. Demikian diungkapkan Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane, Rabu (26/12). “Kasus salah tembak ini persoalan serius. Bagaimana mungkin rakyat tak bersalah menjadi korban salah tembak. Data tersebut cukup memprihatinkan. Atas hal itu, Polri harus melakukan evaluasi terhadap kinerja jajarannya,” tandasnya.

Bersambung Hal 7

Bersambung Hal 7

Balada Mahasiswi Panggilan Jadi wanita panggilan demi melancarkan kuliah? Ah!

HARSEM/CUN CAHYA

Rumah yang hancur tertimpa runtuhan atap dan tembok pabrik plastik itu

Bibit-Rustri-Hadi Tidak Akur Saat ini beredar kabar bahwa birokrat di Pemprov Jateng sudah mulai terpecah belah menjelang pemilihan gubernur (Pilgub) Jateng 2013. Menyikapinya, Gubernur Bibit Waluyo langsung menegaskan kabar tersebut tidak benar. Menurut dia, kalangan birokrat merupakan pegawai negeri sipil (PNS) yang harus bersatu untuk melayani masyarakat. “Ra ono birokrasi terpecah belah. Birokrasi itu rukun. Birokrasi itu pegawai negeri, dia pamong rakyat, bersatu padu untuk melaksanakan konsep bali desa mbangun desa,” tegasnya, kemarin. Dalam pernyataannya itu, ia hanya menegaskan soal tidak adanya perpecahan di kalangan pejabat di tingkat provinsi. Ia sendiri tidak berniat membahas hubungan antara dirinya dan dua calon kompetitornya di pilgub yakni Sekda Jateng Hadi dan Wakil Gubernur Rustriningsih. Namun, sesungguhnyalah sekarang sudah terlihat ketidakharmonisan di antara ketiganya. Hal itu tampak dalam peringatan Hari Ibu, Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional, dan Hari AIDS seDunia di Gedung Gradika Bhkati Praja kemarin, ketiganya memang hadir.

Bersambung Hal 7

NaNi (21), nama samaran, adalah salah satu pelaku ‘bisnis’ esek-esek di Kota Semarang. Ia mahasiswa semester IV sebuah perguruan tinggi swasta. Dari bisnis haramnya, gadis asal Boyolali ini bisa mendapatkan uang ratusan ribu dalam semalam, bahkan jutaan rupiah. Nani berkisah panjang tentang statusnya sebagai ayam kampus. Suatu hari, di tengah padat jadwal kuliah, ia mendapati satu kenyataan bahwa teman yang selama ini sering makan bareng itu ternyata gadis panggilan.

Bersambung Hal 7

bola.vivanews.com

Follow Us on:


Kamis, 27 Desember 2012

Cinderamata Asli Semarang Belum Dikenal CINDERAMATA asli Semarang belum banyak dikenal wisatawan. Hal itu diungkapkan beberapa pelaku wisata di Semarang saat bertemu di Hotel Dalu, baru-baru ini. Padahal sering para wisatawan baik mancanegara maupun domestik mencari souvenir itu. “Mereka menginginkan adanya cinderamata yang berbentuk souvenir, bukan sekadar jajanan. Di kota lain sudah sangat mudah ditemui seperti gantungan kunci, miniatur, batik, dan lain-lain,” ujar salah seorang anggota Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kota Semarang, Rani. Hal itu diakui Arief dari Toko Pandanaran. Dia mengungkapkan, sejak tujuh bulan terakhir pihaknya sebenarnya sudah memproduksi kaos bergambar objek wisata dan hal unik lain dari kota ini. Hanya saja karena belum dikenal masyarakat luas, penjualannya masih belum terlalu baik. Persoalan sosialisasi itu

juga diungkapkan Kristin dari Klub Merby. Dia menjelaskan, tempatnya sudah memproduksi cinderamata Semarangan seperti kaos, batik, miniatur Tugu Muda, dan lainnya. Beberapa wisatawan,bahkan artis dan pejabat juga pernah berkunjung. Namun, dia mengakui masih banyak masyarakat yang belum tahu. Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang, Nurjanah, menegaskan pihaknya selalu mendukung upaya memajukan pariwsata di Semarang. Menurutnya sinergi antara pemkot, pelaku wisata, agen perjalanan, dan pusat oleholeh harus dijalin dengan baik sehingga persoalan seperti souvenir itu tadi bisa teratasi. “Kami juga akan sinergikan agenda city tour demi memajukan wisata di kota ini, sekaligus memasukkannya dalam agenda wisata tahunan Semarang,” tandasnya. (H35,H71/ SMNetwork/sae)

Jadwal Sholat Subuh

Dhuhur

Azhar

Maghrib

Isya

03:49

11:26

14:49

17:40

18:54

Lawang Sewu Tabligh Akbar bersama KH Anwar Zahid LEMBAGA Amil Zakat Infaq dan Sedekah Masjid Baiturrahman dan PWNU Jawa Tengah menyelenggarakan Tabligh Akbar bersama KH Anwar Zahid dari Bojonegoro sekaligus penggalangan dana pendirian Rumah Tafidz Nurul Quran, Kamis (27/12) mulai pukul 19.30. (H84/SMNetwork/sae)

Pagelaran Wayang Kulit MASYARAKAT Kecamtan Banyumanik akan mengadakan pagelaran Wayang Kulit dengan lakon Ruwat Sudamala pad Sabtu (29/12) mulai pukul 20.00 hingga selesai di Lapangan Ulin Raya samping Masjid Nurul Amal, Perum Banyumanik. Ki Dalang menghadirkan Ki Gendon Permono. Informasi hubungi 08122564748. (H85/SMNetwork/sae)

Temu Kangen Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Angkatan 2001 ALUMNI Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang Angkatan 2001 akan mengadakan acara ‘’Temu Kangen’’, pada Minggu 30 Desember 2012, pukul 09.00. Acara bertempat di Aula Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Kampus II, Jalan Prof. Dr. Hamka Ngaliyan Semarang. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Adzim 085643223048, Basith 081390003900. (K18/SMNetwork)

PNS Diimbau Gunakan BRT SEJAK awal diluncurkan, keberadaan bus rapid transit (BRT) diharapkan bisa menjadi moda transportasi yang aman dan nyaman. PNS, siswa sekolah, dan buruh pun diimbau memanfaatkan fasilitas itu.

S

EBAGAI upaya memecah kemacetan di Kota Semarang, keberadaan BRT koridor I dan II masih belum dinilai maksimal. Karena itu, Komisi B DPRD Kota Semarang berencana melakukan evaluasi kinerja beberapa kemitraan, termasuk pengelolaan dan pelayanan bus rapid transit (BRT). Dikatakan Ketua Komisi B Yearzy Ferdian, masih ada banyak hal tentang pengelolaan BRT yang perlu dibenahi. apalagi kalau dilihat BRT masih belum menjadi moda transportasi pilihan masyarakat. Karena masih banyak masyarakat yang menggunaka kendaraan sendiri dan angkutan umum lainnya. “Mungkin karena kurang sosialisasi atau memang kesadaran masyarakat untuk menggunakan transportasi umum masih belum ada, masih banyak masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi. Padahal

secara fasilitas, BRT cukup nyaman dan aman bagi penumpang,” ujar Yearzy, kemarin. Yearzy juga berharap, Pemkot Semarang untuk memberikan imbauan kepada para PNS yang tinggal di jalur BRT agar menggunakan fasilitas transportasi massal ini. Selain para PNS, Dishubkominfo juga harus bisa melakukan pendekatan dengan sekolahsekolah yang berada di jalur BRT, agar siswa bisa memanfaatkan fasilitas tersebut. Selama ini belum ada langkah konkrit, baik sosialisasi maupun pendekatan langsung ke sekolah dan lembaga pemerintahan. Padahal BRT cukup efektif guna mengurangi kepadatan kendaraan pribadi,” ujar pilotisi PAN ini. Selain masalah pengelolaan, dalam evaluasi yang akan dijadwalkan, Komisi B juga akan memberi rekomendasi agar Dishubkominfo tegas menindak sopir dan kru yang tidak mematuhi aturan kerja. Termasuk jika ada petugas yang merokok di dalam bus. “Keamanan dan kenyamanan harus diprioritaskan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Apalagi sejak awal, BRT diluncurkan sebagai alat transportasi massal yang nyaman dan aman bagi warga,” katanya tegas. Ditambahkan Wakil Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi, program BRT Semarang Koridor I dan II harus dievaluasi dalam tiga bulanan. Evaluasi

Pengesahan Perda Reklame Berbau Pesanan RANCANGAN Peraturan Daerah Kota Semarang tentang Penyelenggaraan Reklame yang DPRD dalam Rapat Paripurna, Senin (26/12), memunculkan persoalan, terkait penempatan dan pemasangan reklame. Peraturan daerah itu dinilai diskriminatif dan berbau pesanan. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Komite Pendidikan Anti Korupsi (KPAK) Kota Semarang, BS Wirawan. “Raperda itu berbau pesanan dan sangat diskriminatif. Taman Tugu Muda dengan radius 150 meter seharusnya dilarang untuk dijadikan tempat dan dipasang reklame untuk siapapun dan bagi siapapun,” ujar BS Wirawan, kemarin. Dijelaskannya, dalam Pasal 12 huruf c, disebutkan Taman Tugu Muda dengan radius 150 meter dilarang untuk menempatkan dan memasang reklame. Namun kecuali untuk videotron yang saat ini sudah ada di atas satu pos polisi sebagai titik pantau ketertiban dan keamanan. Videotron yang difungsikan untuk Semarang Traffic Manajemen Center (STMC) itu, dikelola oleh pemerintah daerah dan Kepolisian Resort Kota Besar Semarang, serta dapat dikerjasamakan dengan pihak lain. Dalam Pasal 5 juga dijelaskan, pos jaga polisi adalah termasuk sarana dan prasarana kota yang dibolehkan untuk penempatan reklame. Dalam Pasal 7, jenis reklame yang dapat dipasang di pos jaga polisi adalah reklame papan,

reklame megatron dan multivision. “Dalam Pasal 7 tersebut, pemasangan reklame tersebut dengan konstruksi menempel dan atau di atas bangunan, tidak boleh menjorok ke badan jalan,” tambahnya. Ditambahkan BS Wirawan, seharusnya seluruh median jalan kota dan kawasan Taman Tugu Muda diatur dilarang untuk pemasangan dan penempatan reklame jenis apapun. “Larangan pemasangan dan penempatan reklame di kawasan Taman Tugu Muda harusnya seperti di Lapangan Simpanglima. Dalam Pasal 12 huruf d, dijelaskan Lapangan Simpanglima dilarang untuk menempatkan dan memasang reklame. Tanpa ada embel-embel pengecualian,” katanya tegas. Sementara itu, Ketua Pansus Raperda Penyelenggaraan Reklame DPRD Kota Wisnu Pudjonggo, membantah kesan adanya diskriminatif dan pesanan dalam pembuatan perda tersebut. Menurutnya videotron di atas pos jaga polisi itu dibolehkan karena fungsi vitalnya untuk membantu tugas kepolisian. “Videotron itu kan sangat dibutuhkan untuk tugas kepolisian mengatur ketertiban dan kelancaran lalu lintas di kawasan Tugu Muda yang padat kendaraan. Semua orang bisa menilai perda itu, tapi keberadaan videotron itu sudah dikoordinasikan antara pemerintah kota dan kepolisian,” tandasnya. (lif/sae)

HARSEM/CUN CAHYA

Jembatan Tugu Suharto Sudah Bisa Dilewati Jembatan Tugu Suharto yang ditarget selesai 2013 sudah bisa dilewati sepeda motor, kemarin. Jembatan dengan panjang 60 meter dan lebar 3 meter tersebut sudah selesai pembangunan dan tinggal penyelesaian akhir, akan menghubungkan Kelurahan Bendan Duwur, Kecamatan Gajahmungkur dengan Kelurahan Kalipancur, Kecamatan Ngaliyan.

Jadwal Kereta Api Stasiun Tawang Semarang

Audiensi Harsem dengan Plt Walikota dan Bupati Semarang

KE JURUSAN JAKARTA

Jalin Silaturahmi, Kuatkan Komunikasi SEBAGAI upaya menjalin sekaligus menguatkan komunikasi dengan beberapa pihak, Harian Semarang terus menjalin sinergitas eksternal. Kemarin, jajaran pengelola Harsem melakukan audiensi dengan Plt Walikota Semarang, Hendrar Prihadi. Di hari yang sama, awak Harsem juga mengunjungi Bupati Semarang, Mundjirin. Ketika berkunjung ke Pemkot Semarang, pengelola Harsem yang terdiri dari Pemimpin Umum Andy Suwanto, Pemimpin Redaksi Dwi Arum Dhati dan jajaran redaksi, diterima langsung Plt Walikota Hendrar Prihadi di ruang kerjanya. Hendi, panggilan akrab Plt Walikota didampingi Kabag Humas Achyani. Ikut hadir dalam pertemuan itu Wakil Ketua DPRD Supriyadi. Di depan Plt Walikota, Pemimpin Umum Harsem Andy Suwanto mengatakan, tahun 2013 Harsem akan melakukan berbagai terobosan untuk lebih mengenalkan Harian Semarang dan Kota Semarang kepada masyarakat luas lewat pemberitaan. “Kedepan kami berharap menjadi media yang inspiratif, inovatif, dan objektif dalam pemberitaan. Karena itu kami akan memberikan space atau ruang bagi lembaga terkecil di masyarakat untuk bisa menyampaikan aspirasinya. Karena itu juga kami mohon dukungan dan arahan Bapak Plt Walikota Semarang,” ujar Andi dalam silaturahmi tersebut. Menanggapi pernyataan Andy Suwanto, Plt Walikota mengatakan, dirinya dan jajaran Pemkot Semarang selalu berupaya, terutama untuk koran yang ada di Jateng maupun Kota Semarang, untuk memberikan informasi yang jelas dan obyektif kepada masyarakat Kota Semarang. “Meskipun

tiga bulan, diharapkan bisa menjadi solusi untuk memaksimalkan program ini. Apalagi program transportasi massal tersebut merupakan program yang cukup positif, sebagai upaya memecah kosentrasi kemacetan di Kota Semarang. Terkait belum diliriknya BRT oleh masyarakat, Supriyadi berharap pengelola bisa melakukan terobosan, bekerja sama dengan instansi pendidikan, pabrik, dan kantor pemerintah yang ada di jalur itu. Sedangkan untuk jadwal pemberangkatan yang dinilai masih belum maksimal, petugas diminta untuk mengatur ulang interval waktu kedatangan bus satu dengan bus lainnya. “Ke depan, BRT harus menjadi sarana transportasi pilihan utama bagi warga Kota Semarang. Khususnya bagi pelajar, pegawai maupun buruh. Untuk mensukseskan program ini, tentu butuh komitmen dari pemerintah daerah. Baik dalam memberikan pelayanan, maupun dalam hal kebijakan,” tegasnya. Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Ednawan Haryono mengatakan, BRT diharapkan dapat berfungsi sebagai solusi masalah transportasi dan kemacetan di Kota Semarang. “Dengan adanya moda transportasi ini, masyarakat pengguna kendaraan pribadi dapat beralih memanfaatkan jasa BRT. Sehingga kepadatan lalu lintas khususnya di pagi dan sore hari dapat dikurangi,” tandasnya. (lif/sae)

Nama Kereta

Stasiun Tawang Datang

Berangkat

Argo Anggrek

11.47

Argo Anggrek

23.47

Argo Sindoro

Datang di

Kelas

Stasiun Akhir

Pukul

11.52

Gambir

17.41

Eksekutif

23.52

Gambir

05.41

Eksekutif

-

05.30

Gambir

11.36

Eksekutif

Argo Muria

-

16.00

Gambir

22.06

Eksekutif

Sembrani

22.58

23.12

Gambir

06.18

Eksekutif

Bangunkarta

21.35

21.40

Pasar Senen

05.25

Eksekutif

Gumarang

21.20

21.27

Jakarta Kota

05.49

Eks/Bisnis

Senja Kediri

22.21

22.30

Pasar Senen

06.30

Bisnis

Senja Utama

-

20.00

Pasar Senen

03.54

Bisnis

Fajar Utama

-

08.00

Pasar Senen

14.43

Bisnis

Matarmaja

00.35

01.05

Pasar Senen

09.11

Ekonomi

Brantas

19.18

19.22

Tanah Abang

03.19

Ekonomi

Kertajaya

20.14

20.41

Jak. Tanj. Priok

05.25

Ekonomi

-

19.05

Pasar Senen

02.31

Ekonomi

-

Eks/Bisnis

Tawang Jaya

KE JURUSAN BANDUNG HARSEM/LISSA FEBRINA

Plt Walikota Semarang Hendrar Prihadi foto bersama usai menerima pengelola Harian Semarang yang terdiri dari Pemimpin Umum Andy Suwanto, Pemimpin Redaksi Dwi Arum Dhati dan jajaran redaksi, di ruang kerja Plt Walikota, kemarin

ada kepentingan lain di dalamnya, tapi masyarakat tetap utama,” kata Plt Walikota. Hendi juga berharap, lewat pemberitaan yang informatif bisa membuat Kota Semarang jauh lebih baik lagi. “Harapan kami kepada teman–teman media, terutama Harian Semarang, apapun yang kita lakukan itu prioritasnya adalah untuk masyarakat. Sebagai contoh saat membuat berita saya sangat berharap ada suatu solusi, minimal penyeimbang, tidak hanya hantam kromo saja. Saya terbuka pada segala macam kritik. Misalnya saat bicara tentang banjir, harapan saya dapat dikonfirmasikan pada dinas terkait untuk penyeimbang,” imbau Hendi. Hendi menyarankan, untuk bisa menjadi media lebih bagus, dan berkembang lebih baik, Harian Semarang harus melakukan itu, apalagi Harian

HARSEM/LISSA FEBRINA

Pemimpin Umum Harian Semarang Andy Suwanto dan rombongan diterima Bupati Semarang Mundjirin dan jajaran Pemkab Semarang

Semarang sudah menyatakan diri sebagai korane dhewe sesuai tag line-nya. Untuk itu perlu dibuat pengikat dengan pembaca. “Sebagai contoh, dalam pertandingan PSIS. Misalnya koran lain hanya membicarakan endingnya saja, kalau bisa Harian Semarang mengulas mulai dari persiapan, jalannya pertandingan hingga endingnya. Begitu juga dengan jadwal bioskop, anak saya nyari di koran susah, nah Harian Semarang coba punya hal kecil seperti itu, ada ciri khas tersendiri. Kalau ini dilakukan, ini bisa membuat Harsem semakin dikenal dan dibutuhkan masyarakat,” beber Hendi. Di Kabupaten Semarang Hal yang sama juga disampaikan Bupati Semarang Mundjirin di pendopo kabupaten, saat rombongan Harsem berkunjung ke Pemkab Semarang. Bupati

yang didampingi Kabag Humas Kabupaten Semarang, Partono SH, menyambut baik niat Harian Semarang yang ingin mengembangkan sayap ekspansinya di wilayah Kabupaten Semarang. Bupati mempersilakan untuk mengekspos semua keunikan dan kegiatan yang ada di masyarakat, dan tentunya pemerintahan Kabupaten Semarang. “Saya akan memberikan dukungan penuh kepada Harian Semarang jika ingin mengupas apa yang ada di wilayah Kabupaten Semarang ini. Hanya saja saya meminta agar kode etik dalam jurnalis tetap dipegang, terutama keberimbangan dalam pemberitaan. Karena jika tidak berimbang dapat membodohi masyarakat. Dampak media di tengah masyarakat sangat besar sekali. Kami ingin masyarakat yang membaca Harian Semarang ikut menjadi pintar,” ujar Mundjirin. (lif/sae)

Herina

-

20.30

Bandung

KE JURUSAN SURABAYA Argo Anggrek

15.22

15.27

Surabaya Turi

19.11

Eksekutif

Argo Anggrek

03.22

03.27

Surabaya Turi

07.11

Eksekutif

Sembari

02.18

02.23

Surabaya Turi

06.25

Eksekutif

Rajawali

-

08.30

Surabaya Turi

12.42

Eksekutif

Gumarang

01.35

01.41

Surabaya Turi

05.48

Eksekutif

Kerta Jaya

00.00

00.15

Surabaya Turi

04.10

Ekonomi

07.33

Ekonomi

KE JURUSAN KEDIRI Brantas

01.03

01.10

Kediri

KE JURUSAN MALANG Senja Kediri

22.20

22.34

Malang

08.11

Bisnis

Matarmaja

21.50

21.55

Malang

07.45

Ekonomi

KE JURUSAN CEPU - BOJONEGORO Cepu Ekspres

-

-

Cepu

13.39

Bisnis

Blora Jaya

-

09.25

Bojonegoro

13.24

Ekonomi

Blora Jaya

-

18.40

Cepu

23.08

Ekonomi

04.22

Eksekutif Eksekutif

KE JURUSAN JOMBANG Bangunkarta

22.52

23.00

Jombang

KE JURUSAN TEGAL Kaligung Mas

-

16.30

Tegal

18.51

Kaligung Bisnis

-

09.10

Tegal

11.49

Bisnis

Kaligung Ekonomi

-

05.45

Tegal

08.46

Ekonomi

Kaligung Ekonomi

-

13.25

Tegal

16.45

Ekonomi


Kamis, 27 Desember 2012

Gubernur Bibit Waluyo:

AIDS Itu Karena Ulah Bapak-bapak yang Nakal

Sosialisasi pengadaan barang dan jasa secara elektronik di Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Provinsi Jateng, kemarin.

Pengadaan Barang dan Jasa Harus Adil KABID Kominfo Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Provinsi Jateng Edy Supriyanta, kemarin membuka sosialisasi pengadaan barang dan jasa secara elektronik. “Acara ini perlu diadakan agar para peserta punya kalimat yang sama dalam proses pengadaan barang dan jasa,” ungkapnya, saat membuka acara di instansi tersebut. Hadir sebagai pembicara Edi Mulyani, Agus Aminudin, dan Budi Setyana dari Kominfo. Dipaparkan dalam sosialisasi tersebut, prinsip-prinsip dasar pengadaan barang dan jasa secara elektronik, di antaranya yaitu efisiensi, efektivitas, terbuka dan persaingan sehat serta transparansi. Selain itu juga harus adil dan nondiskriminatif, akuntabilitas, dan ada jaminan keamanan data. Dalam acara itu, peserta juga diberi informasi perubahan dalam pengisian data dokumen pengadaan barang dan jasa yang dilakukan secara elektronik. Peserta tampak tekun mengikuti acara tersebut, beberapa di antaranya bahkan menggunakan laptop, sehingga bisa mengikuti paparan pembicara dengan baik. (tab/sae)

HARSEM/SM/IRAWAN ARYANTO

Direktur Operasional Suara Merdeka Grup Hendro Basuki (kiri) menerima penghargaan dari Radio Prambors Semarang sebagai media lokal Ter-Hits 2012 pilihan kawula muda pendengar di Menara Suara Merdeka Jl Pandanaran No 30, kemarin.

Suara Merdeka, Media Lokal Ter-Hits 2012 HARIAN Suara Merdeka meraih penghargaan sebagai media cetak dan televisi ter-Hits 2012 pilihan kawula muda pendengar Radio Prambors Semarang. Penghargaan diserahkan oleh empat orang perwakilan Radio Prambors diterima oleh Direktur Operasional Suara Merdeka Group Hendro Basuki di Menara Suara Merdeka lantai sembilan, Rabu (26/12). Penghargaan ini, berdasarkan polling yang diselenggarakan oleh radio yang terletak di Jl Pleburan Raya tersebut pada periode 10-21 Desember lalu. Salah satu perwakilan Prambors, Kina, mengatakan, pihaknya membuka fans page di akun facebook untuk memilih media cetak dan televisi ter-Hits pilihan pendengar. ‘’Suara Merdeka meraih 66 persen dari total pemilih yang mengklik di fans page kami,’’ kata Kina usai menyerahkan penghargaan. Dijelaskan, Radio Prambors mengadakan polling ini untuk mengetahui seberapa besar perhatian dan animo kawula muda pada lingkungan sekitar termasuk media lokal yang ada. Harapannya, kawula muda lebih intens memperhatikan media-media lokal yang ada di Semarang. ‘’Total ada 15 kategori yang dibuka. Masing-masing kategori terdiri atas 10 nominasi untuk dipilih,’’ jelasnya. Direktur Operasional Suara Merdeka Group Hendro Basuki menyatakan kebanggaan atas terpilihnya Suara Merdeka sebagai media lokal ter-Hits 2012 ini, sekaligus mengucapkan terima kasih pad Radio Prambors. Hal ini membuktikan Suara Merdeka mendapat perhatian dari generasi muda, khususnya pendengar Radio Prambors. ‘’Saya harap, dengan penghargaan ini semakin memperkuat eksistensi Suara Merdeka sebagai media lokal yang ramah dengan kawula muda,’’ tandasnya. (H85,K18/SMNetwork/sae)

waspadai ini!” tegasnya. Ia berharap, dengan menjaga prilaku di luar lingkungan kerja dan rumah tangga, maka kesehatan keluarga dapat tetap terjaga. Ia meyakini perilaku yang baik itu mampu mewujudkan keluarga yang sejahtera. “Jangan sampai anak-anak kita kena penyakit yang sulit diobati itu. Kuncinya, kalau tindakan kita sudah baik, maka keluarga juga akan baik,” imbaunya. Ia juga menyarankan, untuk membangun keluarga sejahtera, semua anggota keluarga harus menumbuhkan komunikasi positif. “Bapak-bapak juga jangan ringan tangan (terhadap keluarganya). Ringan tangan itu untuk bekerja. Jangan ada kekerasan dalam rumah tangga

keluarga. “Kesetaraan gender itu sudah meru[pakan tuntutan tapi tidak melupakan kodratnya sebagai perempuan. Harus bisa mengatur waktu sehingga tidak mengorbankan keluarganya. Maka dari itu, jadilah perempuan yang cerdas,” katanya. Ia berharap, dengan selalu mengingat peran seorang ibu, menghindari KDRT, dan bahaya AIDS, maka masyarakat di Jateng mampu mewujudkan keluarga yang semakin sejahtera. “Kita harus bisa selalu mawas diri agar hal tersebut bisa terwujud,” pesannya lagi. (KDRT),” ujarnya. Soal peran ibu sendiri, ia juga meminta untuk tetap mampu mendidik anak dan menjaga keharmonisan

Ratusan Penderita Sementara dari Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Jateng, kasus penyebaran virus HIV di Jateng pada 2011 lalu mencapai

755 kasus dan pengidap AIDS mencapai 521 orang. Sementara pada Januari-November 2012 ini, mencapai 400 HIV dan 594 AIDS. “Saya perkirakan, hingga akhir tahun ini, HIV bisa tembus di angka 450 dan AIDS 650,” kata Anung Sugihantono, Kepala Dinkes Jateng. Ia mengakui persoalan tersebut masih berat untuk ditangani. Meski begitu, Dinkes sendiri terus mengimbau kepada masyarakat untuk tetap melakukan pemeriksaan gratis di beberapa klinik dan puskesmas. “Hal itu masih menjadi tugas berat kita. Saat ini, kita masih berusaha agar masyarakat bersedia untuk memeriksakan gejala atau penyakit yang dialaminya,” harapnya.(ano/sae)

Pembunuh Rio Terancam 4 Pasal PENYIDIKAN atas dua tersangka pembunuhan Achmad Suharsa, disainer Rio By Rio rampung. Para tersangka tarancam empat pasal.

B

ERKAS perkara pembunuhan terhadap desainer Achmad Suharsa (37), telah dilimpahkan oleh penyidik Polsek Semarang Selatan ke Kejari Semarang. Kepala Seksi Pidana Umum (Kasipidum) Kejari Semarang, Mustaghfirin mengatakan, pihaknya telah menyiapkan tim jaksa peneliti untuk meneliti kelengkapan berkas penyidikan tersangka Rifky Faizal Septiadi (19) dan Vydo Yulintono (19). “Kami punya waktu 14 hari untuk meneliti kelengkapan berkas tersebut. Jika nantinya berkas dinyatakan lengkap, maka penyidik bisa melanjutkan dengan pelimpahan barang bukti dan tersangka. Namun jika belum lengkap, berkas akan dikembalikan kepada penyidik dilengkapi dengan petunjuk kelengkapan,” kata Mustraghfirin ditemui di ruang kerjanya, Rabu (26/12). Kapolrestebes Semarang Kombes Elan Subilan melalui Kapolsek Semarang Selatan, AKP Bayu Suseno mengatakan, sejauh ini pihaknya sudah melakukan proses penyidikan dari menghadirkan sejumlah saksi. Penyidik telah meminta kesaksian tersangka serta melakukan rekontruksi ulang di lokasi kejadian. Yakni di rumah kontrakan Rio,

Jalan Nangka 2 nomor 5 RT 03 RW 02, Lamper Kidul, Semarang Selatan. Reka ulang kejadian itu dilakukan pada Kamis (20/12) siang. “Penyidikan selesai, berkas sudah kami kirim ke kejaksaan,” ungkap Kapolsek Bayu. Adapun kedua tersangka masih menghuni tahanan di Mapolsek Semarang Selatan. “Pelimpahan kedua tersangka akan dilakukan kurang lebih 14 hari setelah berkasi itu diterima oleh pihak ke Kajari,” terangnya. Perbuatan kedua tersangka dinilai memenuhi unsur empat pasal. Yakni Pasal 338 KUHP tentang Pembunuhan, Pasal 339 tentang Pencurian yang Mengakibatkan Hilangnya Nyawa Seseorang, Pasal 363 tentang Pencurian dengan Kekerasan, dan Pasal 365 tentang Pencurian dengan Pemberatan. Penyidik Polsek Semarang Selatan akan menyatukan berkas perkara dua pelaku tersebut sesuai permintaan Kejaksaan Negeri Semarang. “Kami sudah konsultasi dengan Kejari Semarang, berkas tersangka menjadi satu dengan ancaman empat pasal,” tambah Kapolsek Bayu. Penasihat hukum Aldo, Dhoni Prawasto berpendapat, peran Aldo dan Rifki dalam kasus ini, berbeda. “Empat pasal itu bukan untuk klien saya, tapi untuk tersangka lain. Kami berharap hukuman yang akan dikenakan kepada klien kami lebih ringan dari tersangka lain,” katanya. Dikatakan Dhoni, pasal yang dikenakan kepada Aldo adalah Pasal 338 KUHP jucnto Pasal 55 KUHP dan atau Pasal 351 ayat 3 <I>juncto <P> Pasal 55 KUHP.

(H89, ebp/SMNetwork/sae)

Jateng Menangi Pemilihan Duta Wisata Nasional 2012 PROVINSI Jateng kembali meraup prestasi dengan kemenangan pasangan Roy Yuzaen dan Yeni Amalia sebagai Duta Wisata Jateng dalam ajang pemilihan Duta Wisata Indonesia tingkat nasional yang berlangsung di Bali, belum lama ini. Sebelumnya posisi puncak sebagai Duta Wisata Nasional juga pernah diraih di tahun 2009. Dalam event kali ini Jateng berhasil mengungguli Gorontalo di posisi kedua dan Kalimantan Selatan di tempat ketiga. Sementara juara Persahabatan diraih Papua, Intelegensia disabet oleh Lampung, dan juara Eco Safety oleh duta wisata Provinsi Bengkulu. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Yayasan Duta Wisata Indonesia dan Asosiasi Duta Wisata Indonesia ini diikuti oleh 17 provinsi, dimana setiap daerah diwakili pemenang pemilihan duta wisata di provinsinya masingmasing. Roy dan Yeni merupakan pemenang Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Jawa Tengah Tahun 2011. Dalam pertemuannya dengan Kepala Dinas Kebudayaan

Pasangan Duta Wisata Jawa Tengah Yeni Amalia dan Roy Yuzaen bersama Kadisbudpar Jateng Prasetyo Aribowo. Pasangan itu berhasil menjadi juara I Duta Wisata Nasional 2012 yang berlangsung di Bali, belum lama ini. HARSEM/SM/MODESTA FISKA

dan Pariwisata (Dinbudpar) Jateng Prasetyo Aribowo, Rabu (26/12), Roy dan Yeni mengaku sempat tidak menyangka atas kemenangannya tersebut. Hal ini mengingat beberapa finalis lainnya juga memiliki kemampuan yang cukup baik dalam beberapa aspek yang menjadi kriteria penilaian. ‘’Kami sempat dikarantina selama enam hari dan mendapat pembekalan terkait kepariwisataan dan kebudayaan oleh beberapa tokoh dari berbagai bidang. Ada pula interview, tes tertulis, juga apreasiasi seni yang waktu itu kita bawakan tarian Denok

Semarang,’’ ungkap Yeni yang kini masih menempuh studi di jurusan Akuntansi Universitas Negeri Semarang ini. Dari kemenangan tersebut, Yeni dan Roy yang duduk di Fakultas Ekonomi Manajemen Unika Soegijapranata ini berhak mendapatkan tropi piala bergilir dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI, serta tur berkeliling negara Asean. Prasetyo menambahkan, keberhasilan yang diraih Duta Wisata Jateng ini diharapkan bisa memaksimalkan program Visit Jateng 2013 dan membawa citra yang lebih baik di tingkat nasional. (J14/SMNetwork/sae)

HARSEM/SM/MODESTA FISKA

HARSEM/TEGUH ARGARI BISONO

SEKALI lagi, Gubernur Jateng Bibit Waluyo melontarkan katakata yang ‘asyik’ untuk disimak. Saat memberikan sambutan dalam puncak peringatan Hari Ibu ke-84, Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional ke-64, dan Hari AIDS se-Dunia di Gedung Gradika Bhakti Praja kemarin, Bibit mengimbau kepada para pejabat laki-laki untuk tidak ‘nakal’. Menurut dia ‘kenakalan’ para pejabat tersebut telah menyebabkan runtuhnya sebuah rumah tangga. Bahkan, mampu memunculkan AIDS di lingkungan keluarga. “AIDS itu karena bapakbapaknya nakal. Ibu-ibu itu nggak salah, apalagi anak-anak kita. Tolong ini (dicamkan), bapak-bapaknya ojo keplak keplok (tepuk tangan) thok,

Konsumen dan karyawan PT Karya Zirang Utama Daihatsu Jalan Jendral Sudirman 182 berpartisipasi dalam kegiatan bakti sosial donor darah dalam rangka menyambut Natal, Rabu (26/12).

Permintaan Kantong Darah Meningkat

MENJELANG tutup tahun di bulan Desember ini, permintaan kantong darah yang diajukan ke Palang Merah Indonesia (PMI) mengalami peningkatan. Permintaan baik dari rumah sakit maupun perseorangan yang membutuhkan darah cenderung naik dibandingkan bulanbulan sebelumnya. Musim penghujan yang intensitasnya semakin tinggi hingga memicu sejumlah penyakit, di antaranya demam berdarah (DB) diperkirakan turut mendorong banyaknya permintaan dari masyarakat. ‘’Kalau awal-awal tahun hanya sekitar 5.000-an, kalau dua bulan terakhir ini antara 6.000-7.000 kantong darah. Khusus di Kota Semarang sekitar 4.000-an kantong,’’ ujar dokter Golfi Nugroho dari PMI Kota Semarang di sela aksi sosial donor darah yang berlangsung di Karya Zirang Utama Daihatsu Jalan Jendral Sudirman 182 Semarang, Rabu (26/12). Menurutnya, PMI sudah siap 24 jam untuk bisa memenuhi permintaan dan mengoptimalkan mobil unit yang ada di sejumlah titik lokasi donor darah. Kendati demikian, dari target pendonor juga tidak selalu sesuai dengan harapan. Belum lagi setelah dilakukan pemeriksaan terkadang juga terdapat darah yang tidak bisa digunakan karena terjangkit penyakit tertentu. ‘’Sehari kami bisa 3-4 tempat, tetapi memang dari prediksi pendonor belum tentu sesuai target, dan setelah nanti diperiksa juga tidak selalu semuanya bisa dimanfaatkan. Untuk itu kami berharap masyarakat bisa ikut berpartisipasi mendonorkan darahnya,’’ ungkapnya. Koordinator Service Karya Zirang Utama Group Jateng Divisi Daihatsu, Petrus Sarwono mengungkapkan, kegiatan sosial bertajuk ‘’Donate blood to save live’’ ini merupakan sebuah bentuk kepedulian dari Zirang untuk masyarakat. Apalagi di kondisi saat ini, darah menjadi salah satu kebutuhan yang cukup vital diperlukan. ‘’Banyak kasus kecelakaan, penyakit tertentu yang memang membutuhkan transfusi darah, juga demam berdarah yang saat musim penghujan seperti ini menjamur. Ke depan, aksi sosial ini akan menjadi sebuah kegiatan rutin beberapa kali dalam setahun,’’ papar Petrus. Dalam donor darah kali ini ditargetkan 50 kantong darah bisa dikumpulkan. Tercatat para pendonor berasal tidak hanya dari karyawan Zirang Sudirman, tetapi juga konsumen yang hendak membeli ataupun menservis kendaraannya di bengkel yang baru saja direnovasi tersebut. (J14/SMNetwork/sae)

Dewan Pembina: Arif Mudzakir, Nugroho PS, Bambang EP, Holy Redaktur Pelaksana: Arief Firhanusa. Sekretaris Redaksi: Hasto Ariono Redaktur: Udin Saeroji, Panji Joko Satrio, Teguh Argari Bisono, Tri Wuryono, Djaka Saptana, Yuli Ambarwati Reporter: Abdul Mughis, Ariel Noviandri, Aris Wasita Widiastuti, Hery Priyono, Lissa Febrina, Wara Merdekawati Koresponden: Nino Adi Sumarto (Ungaran), Sukma Wijaya (Demak), Heru Santoso (Salatiga), Tri Sanyoto (Kendal) Fotografer: Cun Cahya, Indra Prabawa Penerbit: PT Semesta Media Pratama

Pendiri

: H. Suwanto Kukrit Suryo Wicaksono

Keuangan: Dwi Arum Dhati (Manajer), Mulyo Subekti Distribusi & Sirkulasi: Masguntoro Unit Bisnis: Hendra Yoyok, Dwi Uncle, Setio Utomo Manajer HRD/Legal: Nico ABS, Viddy Yusafiadi Administrasi Iklan dan Sirkulasi: Septiyarini Aksari, Desti Jadmikawati IT: Budiyanto. Produksi: Muhammad Fatoni, Yogi Tristanto

Pemimpin Umum/Pemimpin Perusahaan Wakil Pemimpin Perusahaan/Manager Bisnis Pemimpim Redaksi/Penanggung Jawab Direktur Bisnis Direktur Pemasaran

: : : : :

Alamat Redaksi, Pemasaran dan Iklan: Jl. KH Wahid Hasyim (Kranggan) 125-127 Ruko A1 Floor 1-3 Semarang Telepon: 024-3512771, 3518359 Faks: 024-3516531 E-mail Redaksi: redaksi_harsem@suaramerdeka.com Iklan: iklan_harsem@suaramerdeka.com Pemasaran: pemasaran_harsem@suaramerdeka.com Website: www.koranhariansemarang.com

Andy Suwanto Sigid Purnomo Dwi Arum Dhati Agus Widyanto Bambang Chadar

Harga berlangganan Rp 25.000 per bulan, Percetakan: PT Aneka Ilmu. Isi di luar tanggung jawab percetakan


Kamis, 27 Desember 2012

L akone

Renny Yunita

Nyebur Entertain Sejak Balita KEHIDUPAN di balik bilik pangggung bukan dunia asing bagi Renny Yunita. Maklum saja, Sekretaris Sunrise Enterprice Semarang ini sudah mengenal duia event organizer ((EO) sejak usia lima tahun. Orangtuanya memang sudah mulai menceburkannya ke kancah modeling dan tarik suara sejak dia masih balita. Wajar, jika sekarang dia malang melintang di jagat per-EOan . “Dulu ibu saya mengenalkan kepada dunia pangung sejak dini. Jadi saya tidak canggung saat masuk ke dunia hiburan,” jelas dara kelahiran Semarang, 1 Juni 1991 ini, kemarin. Menurut dia, dunia EO menuntut disiplin mengatur waktu. “Di dunia EO, saya belajar cara mengatur waktu. Kalau tak tertib pasti even berantakan dan kita yang kena batunya,” katanya. Dia mulai coba-coba menggeluti dunia EO secara mandiri saat sekolah di SMA 3 Semarang. Awalnya, hanya mengelola dana untuk kegiatan hiburan. Kemudian beranjak ke even-even besar yang membutuhkan dana ratusan juta. Kemudian kini sudah biasa menggelar even-even besar di bidang musik dan hiburan. Ditanya perihal kunci sukses, Renny mengatakan peran ibu sangat penting. Dia merupakan pembimbing dalam menapaki even-even besar. Setiap langkah yang akan diambil tak meninggalkan peran ibu. “Ibu berperan besar dalam pertumbuhanku dan cara mengenal dunia. Cara mengelola even selalu belajar dari beliau,” ujarnya. (Zakki Amali-SM Network/nji)

Saluran Kokrosono Dibersihkan Manual PANGGUNG LOR-Saluran sepanjang Jalan Kokrosono, tepatnya dari depan Gereja Hati Kudus hingga SMAN 14 dibersihkan, kemarin. Pembersihan dilakukan dengan cara kerja bakti oleh anggota TNI dan unsur masyarakat.

ELEMEN masyarakat yang turut mengikuti kerja bakti di antaranya dari P5L, Pemuda Pancasila, polisi, kelurahan dan kecamatan. Pembersihan dilakukan secara manual, menggunakan cangkul dan bambu yang bagian bawahnya dipasangi besi. Alat sederhana itu digunakan untuk mengambil sampah dan membersihkan sedimentasi saluran. Pasalnya tebalnya sedimentasi membuat saluran mampet. Danramil Semarang Utara Kapten Sujono mengatakan, dalam kerja bakti ini pihaknya menerjunkan 100 personil untuk membersihkan saluran. “Sebagai antisipasi musim hujan membantu warga agar saluran menjadi lancar,” katanya. Dikatakan, kegiatan sengaja difokuskan di saluran dekat tanah kosong yang berada di Jalan Kokrosono yang digunakan untuk membuang material saat pengurugan jalan Kokrosono. “Agar salurannya lancar tidak tersumbat. Untuk mengurangi genangan di Jalan Kokrosono saat hujan,” lanjutnya. Lurah Panggung Lor Mardi menuturkan, kerja bakti terpadu ini sebagai antisipasi musim hujan karena kelurahan Panggung Lor sebagai salah satu daerah rawan banjir. “Kegiatan pembersihan ini diutamakan pada saluran tanah kosong. Sebenarnya itu tanah proyek yang

Sejumlah tentara Kodim 0733 BS Semarang dan warga membersihkan saluran, kemarin pagi. digunakan untuk menyimpan tanah urugan. Karena tidak terurus, saat hujan air masuk ke saluran dan menyebabkan mampet,” terangnya. Sementara, Ketua Paguyuban Penanganan dan Penanggulangan Air Pasang Panggung Lor (P5L)

HARSEM/WARA MERDEKAWATI

Ibnu SOebroto mengatakan, mengantisipasi banjir pihaknya sudah menyiapkan 18 pompa yang kondisinya siap digunakan. “Kami sudah membuat jadwal piket dan standby 24 jam. Saat ini semua pompa ready,” ungkapnya. (wam/nji)

HARSEM/ZAKKI AMALI-SM NETWORK

100 Yatim Ikuti Lomba Hafalan Alquran

Telepon Penting Kantor

Telepon

Polisi

110

Dinas Kebakaran

113, 7607076, 7605871, 7616867

Ambulance

118

Polda Jateng

(024) 8449681, 8311382, 8449683

Polrestabes Semarang

(024) 844-4444

Polsek Semarang Barat

(024) 760-4153

Polsek Semarang Utara

(024) 354-5162

Polsek Semarang Tengah

(024) 354-5175

Polsek Semarang Selatan

(024) 831 5123

Polsek Genuk

(024) 658-1470

Polsek Tugu

(024) 760-4166

Polsek Ngaliyan

(024) 7617969

Polsek KPPP

(024) 354-5193

Polsek Banyumanik

(024) 7461314

Polsek Tembalang

(024) 7076-6983

Polsek Mijen

GAYAMSARI-Sekitar 100 anak yatim dan dhuafa dari enam kecamatan mengikuti lomba menghafal Alquran di Masjid Nurul Falah, Jalan Batur Sari VIII Gayamsari, kemarin. Penyelenggara

(024) 571566

Polsek Gunungpati

(024) 6932110

Polsek Pedurungan

(024) 671-0863

Polsek Gayamsari

(024) 6716191

Polsek Gajahmungkur

(024) 831-5123

RSUP Dr Kariadi

(024) 841-3476

RSI Sultan Agung

(024) 6580019

RS Bhayangkara

(024) 672-0675

RS Pantiwilasa Jl. Dr. Cipto

(024) 356-7128

RS Pantiwilasa Citarum

(024) 354-2224

RS Roemani Semarang

(024) 844-4623

RS Tlogorejo

(024) 844-6000

Stasiun KA Tawang

(024) 3544544

PMI Semarang

(024) 3541237

SAR Kota Semarang

(024) 3580027

Pengaduan & Informasi PLN

(024) 7608735

Pelayanan PDAM

(024) 8315514

Taksi No Telepon

Nama

No Telepon

Blue Bird

670-1234

Puri Kencana

670-5050

Centris

672-3772

Satria

746-2555

Kosti

761-3333

Surabaya

831-3131

New Atlas

659-1717

lomba adalah Yatim Center yang merupakan mitra atau penerima program dari LAZiS Jateng (Lembaga Amil Zakat Al Ihsan Jawa Tengah). Lomba diberi tahuk Yatim Center

hanya menghafal, akan tetapi lebih mencintai Al Qur’an dan mengamalkannya dalam kehidupan mereka sehari hari,” katanya. Di akhir acara, panitia pun memilih para juara dari masing-masing kelompok berdasarkan jenjang pendidikan dan memberikan hadiah bagi 3 anak yang mendapatkan nilai akademik terbaik dari 100 anak yang hadir. Juara 1 hafalan Alquran Juz 30 tingkat SD diraih Asa Salma Fatimah yang hafal 25 surat. Juara 2 Setyo Kabul Pamintho hafal 10 surat dan juara 3 Nur Hidayah hafal 10 surat. Sedangkan tingkat SMP, Juara 1 diraih Syakiq Bhalkhy Alwanny yang hafal 24 surat. Juara 2 Ely Zuni Arsita hafal 19 surat, dan juara 3 Dewi Setyo Wati yang hafal 13 surat. Untuk juara 1 tingkat SMA, M Zuda Ardiyanto , Mei Lina dan Naja Hanifah masing-masing hafal 23 surat dengan penilaian meliputi empat kriteria, makhrojul huruf, mad, tajwid dan kelancaran dalam menghafal.

(Muhammad Syukron-SM Network/nji).

Pedagang Terompet Mulai Mremo

Sebiji Untung Rp 2.500, Sudah Laku Seribu Biji

(024) 290123, 3547651, 3547655

Bandara A Yani Semarang

Nama

HARSEM/MUHAMMAD SYUKRON-SM NETWORK

Anak yatim dari enam kecamatan mengikuti lomba menghafal Alquran di Masjid Nurul Falah, Jalan Batur Sari VIII Gayamsari, kemarin.

Menghafal. Acara dikemas dalam lomba menghafal Alquran, lomba mewarnai dan lomba membuat kreasi dari barang bekas. Peserta dari enam kecamatan yakni Kecamatan Gunungpati, Gajahmungkur, Gayamsari, Semarang Utara, Banyumanik, dan Ngaliyan. ‘’Ini upaya kami untuk meningkatkan kecintaan anak-anak yatim dan dhuafa terhadap Alquran. Juga memberi pemahaman kepada para orangtua tentang Alquran sebagai pedoman hidup anak-anak mereka,’’ tutur Direktur Yatim Center Ni’amullah Suparlan, kemarin. Pihaknya juga berharap, orangtua memahami dan mengerti pentingnya pendidikan Alquran bagi anak-anak. Kemajuan zaman yang dikhawatirkan membuat anak salah langkah, Alquran menjadi satu-satunya bekal. Ni’am menambahkan, Yatim Center juga terus berupaya memfasilitasi, mengadvokasi dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada anak yatim agar tumbuh menjadi anak-anak yang lebih religius, kreatif dan Mandiri. “Dengan acara ini kami berharap anak-anak yatim dan dhuafa tidak

KARANGKIDUL-Perayaan tahun baru masih beberapa hari lagi. Merayakan pergantian tahun tidak lengkap tanpa kehadiran terompet sebagai penyemarak suasana. Sejumlah pedagang terompet pun mulai menjajakan dagangannya mulai berdatangan di sejumlah jalan protokol di Kota Semarang. Berdasarkan pantauan Harsem di lapangan, para pedagang terompet musiman ini terlihat berjualan di beberapa ruas jalan protokol. Di antaranya, Jalan Ahmad Yani, Pahlawan, Pandanaran, dan sekitarnya. Mereka kebanyakan berasal dari luar kota Semarang. Supardi, salah satunya. Dia mengaku sudah satu minggu ini bersama belasan rekannya datang untuk berjualan terompet. Pekerjaan musiman ini dilakoninya bertahuntahun. “Hanya menjual saja. Saya cuma kulakan pada perajin,” ungkap pria asal Grobogan ini. Harga terompet yang dijajakan pun beragam, tergantung jenis dan ukuran. Untuk terompet biasa, dipatok dengan harga Rp 5.000. Sedangkan terompet dengan bentuk

naga dan kupu-kupu dia jual sampai Rp 15 ribu. “Hasilnya lumayan Mbak, daripada jadi buruh tani di desa,” ujarnya. Hal senada diungkapkan Haris pedagang terompet lainnya. Momen Hari Raya Natal dan pergantian tahun menjadikan peluang untuk meraih keuntungan dari berjualan terompet. “Sudah laku 1.000 buah. Selain dibeli perorangan juga ada yang beli dari hotel dan toko-toko. Ada juga yang ingin jual lagi,” jelasnya. Dikatakan, dari penjualan terompetnya itu, ia sehari bisa mendapatkan keuntungan sekitar Rp 50 ribu per hari. Kalau mendekati perayaan malam tahun Baru, dalam sehari ia bisa meraup keuntungan antara Rp100 ribu Rp200 ribu. “Seperti pengalaman tahun lalu, ramainya waktu mendekati puncak pergantian tahun,” ujar warga Grobogan ini. Menurut dia, meskipun terompet yang dijualnya bukan buatan sendiri. Setiap penjualan satu terompet ia mendapatkan keuntungan rata-rata Rp2.500. (wam/nji)

Jadwal Penerbangan dari Semarang Nama

Jam

Keberangkatan

Kal Star

15.30

Pangkalanbun

Trigana

12.20

Pangkalanbun

06.00 06.15, 09.35, 11.50

Denpasar Surabaya

Wings Air

Nama

Jam

Keberangkatan

Merpati

11.00 15.20

Sampit Bandung

Sriwijaya Air

06.20, 11.20, 18.20 14.50 08.40

Jakarta Banjarmasin Surabaya

Nama Garuda Indonesia

Lion Air

Reservasi Jam

Keberangkatan

Nama

06.00, 07.40, 09.35 11.20, 13.10, 14.55 16.20, 17.20, 18.50

Jakarta Jakarta Jakarta

Batavia Air

05.40, 08.00, 11.40 13.00, 15.20, 16.50 18.10, 19.50

Jakarta Jakarta Jakarta

Air Asia

Jam

Keberangkatan

12.05 18.05

Singapura Jakarta

07.10, 14.40 17.10

Jakarta Kuala Lumpur

Nama Batavia Air Garuda Kal Star Mandala Merpati Sriwijaya Air

Telepon 354-9888 845-4737 760-3368 844-4737 845-5000 841-3777


Rabu, 26 Desember 2012

Proyek PNPM Rp 1,25 M Diresmikan UNGARAN-Bupati Semarang Mundjirin memperingatkan rekanan yang terlambat menyelesaikan pekerjaan. Mereka akan diputus kontraknya. Dia menyebut, beberapa proyek fisik yang terlambat di antaranya di Dinas Pekerjaan Umum (DPU), Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, dan lainnya. “Rekanan tersebut diperingatkan terlebih dahulu. Jika tiga kali tidak bisa menyelesaikan, terpaksa putus kontrak,” katanya usai usai meresmikan proyek Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Kecamatan Tengaran di Balai Desa Bener, Sabtu (22/12). Menurut Mundjirin, sesuai peraturan, rekanan yang terlambat menyelesaikan proyek diberi perpanjangan waktu 50 hari. Jika ternyata masih belum selesai maka diputus kontrak. “Hingga saat ini di Kabupaten Semarang belum ada rekanan yang diputus kontrak. Sejauh Masih sebatas peringatan dan semoga bisa menyelasaikan sesuai kesepakatan,” katanya. Meski begitu, lanjut Bupati, sejumlah rekanan dikenai denda karena proyek yang dikerjakan tidak selesai tepat waktu. Ada yang kena hingga Rp 90 juta. Peresmian dihadiri Camat Arif Budiyanto, Kades Bener H Saefudin dan undangan lainnya. Proyek PNPM 2012 yang diresmikan senilai Rp 1,25 miliar. Menurut laporan Ketua Unit Pelaksana Kegiatan PNPM Kecamatan setempat, dana digunakan untuk pembangunan infrastruktur di 10 desa. Di antaranya jalan rabat beton, pembangunan jaringan air bersih, gedung PAUD, talut, pelatihan penjahit dan komputer. (H32, J21-SM Network/nji)

HARSEM/MOCH KUNDORI-SM NETWORK

Mundjirin (ketiga dari kiri) meninjau PNPM di Desa Bener Kecamatan Tengaran, Sabtu (22/12).

Tahun Baruan Kampoeng Rawa

UNGARAN-ODART Community akan mengadakan pameran lukisan kontemporer dan bursa motor antik di objek wisata Kampoeng Rawa. Ketua panitia, dokter Anis Supriyadi mengatakan, kegiatan dalam rangka mendukung Visit Jateng 2013. “Lukisan merupakan karya belasan pelukis beraliran kontemporer dari Kabupaten Semarang, Bali, Surabaya, dan Salatiga, serta daerah lain,’’ kata Anis, kemarin. Menurut dia, event terselenggara berkat kerja sama dengan Koperasi Pariwisata Kampoeng Rawa. Pembukaan akan dimeriahkan fashion show. ‘’Kami juga akan melelang karya-karya foto tersebut saat pembukaan acara,’’ tegas Anis, mantan Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Semarang. Kegiatan akan dibuka Bupati Semarang dokter Mundjirin. Terkait bursa motor antik, dia mengatakan, acara digelar Sabtu (29/12). Selama sehari, akan digelar live music di Kampoeng Rawa. Ketua Koperasi Pariwisata Kampoeng Rawa, Agus Sumarno, mengatakan, pada 31 Desember akan digelar hiburan musik dan pesta kembang api. (H14-SM Network/nji)

Reuni Becike Seduluran Saklawase SALATIGA-Keluarga Besar Becike Seduluran Saklawase (BSS) Argomulyo Salatiga mengadakan acara reuni atau kangenkangenan di rumah ketuanya H Sutrisno Supriyantoro Cebogan Salatiga, Sabtu malam (22/12). Acara diadiri sekitar 500 orang. Ketua BSS Salatiga Sutrisno Supriyantoro mengatakan, sudah lebih dari 6.000 anggota sejak berdiri tahun 1999 atau setelah Indonesia mengalamai reformasi. “BSS dibentuk untuk menyatukan persepsi dan visi kaum muda khususnya dari Kecamatan Argomulyo dalam mewujudkan program pembangunan Kota Salatiga. BSS mendapat dukungan dari semua pihak,” katanya didamping istrinya Eny Tri Yuliastuti yang juga anggota DPRD Salatiga. Dikatakan, anggota BSS dari berbagai profesi. Ada pengacara, pedagang, petani dan tokoh masyarakat lainnya. Walau usianya sudah 13 tahun, ternyata tetap eksis. Buktinya ketika ada acara kangen-kangenan, perwakilan mereka datang.

(H32-SM Network/nji)

Renang di Water Park Bandungan

Balita Tewas Tenggelam UNGARAN-Niat berwisata justru berakhir dengan duka. Inilah yang dialami Krisna (6), warga Kudus. Balita malang itu tenggelam saat berenang di kolam renang Taman Wisata dan Resort Keluarga New Bandungan Indah Water Park, Senin (24/12).

B

ELUM jelas bagaimana kronologi tenggelamnya bocah warga Desa Panjang, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus itu. Satpam kolam renang, Susilo (35 mengaku pimpinan sedang sibuk rapat sehingga tak bisa diwawancarai. Sedangkan Kapolres Semarang AKBP Augustinus Berlianto Pangaribuan melalui Kapolsek Bandungan, Iptu Rizeth saat dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Namun tak menjelaskan kronologi kejadian secara detail. Berdasar informasi yang dihimpun, musibah terjadi pada Senin sore. Saat itu korban berenang bersama keluarganya. Entah bagaimana kronologinya, korban ditemukan tewas tenggelam di salah satu kolam. Keluarga korban tak bisa diwawancarai karena langsung membawa pulang jenazah anaknya ke Kudus. Sepi Pengunjung Susilo, satpam mengatakan saat

Di taman wisata inilah Krisna (5) tewas tenggelam saat mengisi liburan Natal dan Tahun baru. HARSEM/DOK

kejadian kolam renang sudah sepi pengunjung. Sebagian besar pengunjung sudah pulang karena waktu sudah seore, sekitar setengan lima petang. Saat kejadian, korban sempat dilarikan ke klinik sekitar lokasi sebelum akhirnya dibawa ke rumah sakit Bina Kasih Ambarawa. “Keadaan kolam renang saat kejadian sepi. Korban meninggal karena

tenggelam di dalam kolam,” katanya, Selasa (25/12) siang. Kapolsek Bandungan, Iptu Rizeth mengatakan setelah memeriksa kondisi korban dan melakukan olah TKP pihaknya memastikan korban tewas akibat murni kecelakaan. “Kesimpulan sementara, meninggalnya bocah di kolam renang dikarenakan kurangnya pengawasan

Banser dan HMI Amankan Natal SALATIGA-Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nahdatul Ulama (NU) dan Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Salatiga terlibat dalam pengamanan Natal. Tak kurang 25 personel Banser dan 10 mahasiswa HMI turut berjagajaga di Lapangan Pancasila. Kapolres Salatiga AKBP Dwi Tunggal Jaladri melalui Kabag Operasi Kompol Sutarto menjelaskan, kehadiran pengaman dari banser dan HMI ini merupakan inisiatif mereka setelah pertemuan lintas sektoral pengamanan Natal dan tahun baru beberapa hari menjelang Natal di balai kota. “Kami menyambut positif kehadiran pengamanan di luar Polri. Ini menunjukkan partisipasi eleman masyarakat untuk menciptakan Salatiga yang aman dan kondusif,” kata Sutarto. Menurut Sutarto, Salatiga dikenal sebagai kota yang kondusif. Ini ditunjukkan dengan keterlibatan unsur Banser dan HMI dalam mengamankan Natal. Terkait pengaman, Polres telah melakukan langkah preventif. Sehari sebelum

hari H, Kapolres dan Sekda Salatiga melakukan penyisiran terhadap gereja. Tim Gegana Polda Jateng juga melakukan penyisiran. “Tidak ditemukan benda membahayakan,” katanya. Sutarto menyebut, dalam pengamanan di Lapangan Pancasila, polisi menerjukan 125 personel. Personel lainnya dari unsur TNI 16 personel, Dishub (8), HMI (10), dan Banser (25). Polres juga

mendirikan pos pengamanan gereja sebanyak tiga pos dan satu pos pelayanan. “Kami juga merazia kendaraan yang masuk Salatiga untuk mengantisipasi bom dan benda membahayakan lainnya. Tidak ada benda berbahaya yang kami temukan, kami mengamankan empat mobil yang tidak diserta surat-surat,” katanya.

(H32, J21- SM Network/nji)

HARSEM/MOCH KUNDORI-SM NETWORK

Kapolres AKBP Dwi Tunggal Jaladri menyisir Gereja Santo Paulus Miki, Salatiga, Senin (24/12).

Pemakaman Brimob Korban Penembakan

Keluarga Brigadir Anumerta Eko Wijaya Sumarno melakukan tabur bunga, Senin (25/12).

HARSEM/RANIN AGUNG-SM NETWORK

Bertugas di Daerah Konflik, Perlu Bekal Data UNGARAN-Semua kalangan merasa resah atas gerakan terduga teroris yang terjadi di Poso. Untuk itu diperlukan kewaspadaan tinggi saat bertugas di daerah konflik. Demikian dikatakan Bripka Wonidi (51), ayah kandung Briptu Eko Wijaya Sumarno (26) di sela-sela pemakaman, Senin (24/12). Kewaspadaan tersebut, lanjutnya, perlu didukung data yang akurat seputar daerah yang akan dituju. Jika data acuan sudah lengkap dan akurat, jumlah korban baik aparat maupun warga sipil bisa ditekan. Pihak keluarga berharap, pemerintah melakukan langkah cepat dan tepat menumpas jaringan terduga teroris agar negara aman dari ancaman teror. “Belajar dari kasus anak kami, saya berharap pemerintah segera menumpas jaringan terduga teroris agar tidak semakin merajalela,” tegas Bripka Wonidi. Dikenal Penurut Di mata keluarga, Eko dikenal

orangtua. Kasus ini masih dalam penanganan kami, sejumlah saksi telah dimintai keterangan,” jawab Kapolsek singkat, tanpa merinci detail siapa nama orang tua korban. Usai menjalani pemeriksaan medis dan petugas kepolisian, jasad korban langsung dibawa pulang keluarga ke Kudus untuk dimakamkan.

(H86-SM Network/nji)

Izin Kodam Belum Turun

Pedagang Kain Pindah ke Jalan Baru UNGARAN- Ratusan pedagang kain korban kebakaran Pasar Projo Ambarawa memilih menempati Jalan Baru. Pasalnya, izin penempatan lahan eks-CPM Ambarawa belum turun. Pernyataan tersebut dikatakan perwakilan Paguyuban Pedagang Kain Asah Asih Asuh Rahayu (A3R), M Nasirin saat dihubungi wartawan, Selasa (25/12). Menurut dia, pedagang tidak bisa menunggu lama karena harus menjual kain agar bisa memenuhi kebutuhan keluarga. “Izin dari Kodam IV/Diponegoro belum bisa diketahui kapan akan turun. Seminggu ini kami tidak berjualan. Paguyuban sepakat tidak lagi menggunakan lahan eks-CPM dan beralih menggunakan Jalan Baru belakang Pasar Projo,” kata M Nasirin. Selain untuk memenuhi kebutuhan seharihari, lanjutnya, pedagang kini juga dikejar waktu pengembalian pinjaman modal kepada bank. “Kami harus membayar angsuran kepada bank. Jika terlalu lama menganggur kami khawatir tidak bisa membayar pinjaman termasuk bunganya,” lanjutnya. Dijelaskan, sejumlah pedagang kini mulai membangun lapak di jalan baru menggunakan alokasi anggaran pribadi. Agar tidak memberatkan, pedagang berinisiatif mempergunakan sebagian bahan bongkaran kios yang sebelumnya berada di Jalan Jenderal Sudirman Ambarawa. “Kami meminta Pemkab Semarang membantu pedagang dengan melakukan pendampingan perizinan ke Kodam IV/Diponegoro,” jelasnya. Seperti diberitakan sebelumnya, Pangdam IV/ Diponegoro, Mayjen TNI Hardiono Saroso berharap pedagang bersabar menunggu pengurusan izin. Menurut Pangdam, belajar dari kasus Pasar Kembang Sari, pihaknya perlu mengatur kesepakatan antara pedagang dengan Pemkab Semarang dan dengan Kodam. “Kami meminta pedagang bersabar menunggu izin selesai dimusyawarahkan. Semuanya harus melalui prosedur termasuk pembuatan nota kesepahaman,” kata Pangdam. (H86-SM Network/nji)

sebagai sosok pendiam dan menurut. Sejak kecil mendiang dekat dan tinggal serumah dengan kakek serta neneknya di Lingkungan Panjang Kidul RT 2 RW 1 Nomor 8, Ambarawa atau tepat di belakang Polsek Ambarawa. Sedangkan, ayah dan ibunya tinggal di asrama Polisi Polsek Ambarawa mengingat Bripka Wonidi sampai saai ini masih tercatat sebagai anggota aktif intel polsek tersebut. Inspektur Upacara, Kaden Gegana Sat Brimob Polda Jateng, AKBP Agus Pujianto dalam Apel Persada menyebutkan, karena gugur saat menjalankan tugas, pangkat Briptu Eko Wijaya Sumarno dinaikkan satu tingkat oleh negara dalam hal ini Kepolisian RI menjadi Brigadir Anumerta. Dijelaskan lebih lanjut, almarhum gugur setelah terlibat kontak senjata saat melaksanakan tugas patroli di Jalan Trans Sulawesi Kecamatan Poso Pesisir Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Berdasarkan data, ketika bertugas di Poso, anggota Bintara Subden I

Datasemen B Pelopor Sat Brimob Polda Sulawesi Tengah tersebut pernah menjalankan sejumlah penugasan operasi. Meliputi, Operasi Sintowo Maroso Poso 2006, Operasi Lekam Sogili Poso 2007, Operasi Lekam Sadar Maleo I-VI 2010 hingga 2012. “Semoga darma baktinya menjadi teladan bagi kita dan mendapat tempat di alam baka,”tandas AKBP Agus Pujianto. Seperti diberitakan sebelumnya, Kamis (20/12) siang terjadi baku tembak antara patroli Brimob dengan warga sipil di Desa Ambrana, Poso Pesisir dan sekitar Gunung Kalora, Sulawesi Tengah. Tiga personil Brimob Polda Sulawesi Tengah gugur. Di antaranya, Briptu Wayan Putu Ariawan, Briptu Winarto, Briptu Ruslan. Sementara Briptu Eko Wijaya Sumarno, Briptu Lungguh Anggara, dan Briptu Siswandi mengalami luka tembak. Ketiganya terluka pada bagian perut, dada, dagu, dan tangan.

(H86-SM Network/nji)


Jumat, 28 Desember 2012

Investor Taiwan Rugi Rp 800 Juta

DEMAK- Seorang investor asal Taiwan, Wang Fu Shen meminta Pengadilan Negeri (PN) Demak, menghukum tiga tersangka penipuan dan penggelapan di perusahaannya, seberat-beratnya. Selama delapan bulan, perusahaan ekspor miliknya yang mengolah beragam hasil laut dan dikirim ke luar negeri, sempat kebobolan akibat ulah tiga tersangka, hingga Rp 800 juta. Dan yang membuat Wang Fu Shen jengkel, ketiga tersangka yaitu pegawainya Dwi Puspa Ayu, warga Kudus serta dua pedagang langganannya, pasangan suami-istri, Nur Khasanah dan Nur Cholis, telah bersekongkol berusaha menjatuhkan usahanya yang dirintis di Desa Purwosari Kecamatan Sayung. “Karena kesibukan, saya mempercayakan mengurusi roda perusahaan dengan pegawai yang saya percaya itu,” ungkap Wang Fu Shen dengan logat Indonesia sedikit sulit. Tapi kepercayaan itu disalah gunakan, mereka justru bersekongkol mengambil keuntungan dengan memalsu retur penjualan. Modus yang digunakan, dalam setiap pengiriman olahan ikan ke luar negeri, ketiga tersangka sepakat mencuri tonase dengan merubah laporan penjualan. Gelagat buruk ini disadari oleh Wang Fu Shen, ketika Puspa mengundurkan diri dari perusahaan tanpa keterangan yang jelas, dan anehnya segala surat pengiriman, hilang. Beruntung beberapa surat ditemukan oleh pihaknya yang selanjutnya muncul kerugian perusahaan mencapai Rp 140 juta. Hingga kasus itu berkembang di kepolisian dan Kamis (27/12) disidangkan di PN Demak. Semula Wang Fu Shen sudah meminta damai kepada tiga tersangka dengan mengganti uang Rp 140 kendati dia bisa menemukan kerugian perusahaan sampai Rp 800 juta dengan mendatangkan akuntan public. Ternyata sampai kasus ini disidangkan belum ada upaya dari tiga tersangka untuk mengganti kerugian perusahaan. Sebagai Wakil Ketua Kamar Dagang Taiwan di Jateng, Wang Fu Shen ingin mendapat kepastian hukum sehubungan kasus yang dialaminya. Kemarin, dia menyempatkan hadir untuk melihat jalannya persidangan yang menyeret tiga tersangka. Sidang dipimpin yang dipimpin Majelis Hakim M Eri, Veni Mustika SH, dan Hartati, masih dalam pembacaan tuntutan. Dalam pembacaan tersebut, jaksa Farah Dian, menuntut Puspa hukuman penjara 1,6 tahun, serta Nur Khasanah dan Nur Cholis dituntut dua tahun penjara. (swi/tab)

Agar Lebih Diterima Masyarakat

LDII Diminta Improvisasi Sistem Dakwahnya DEMAK-Bupati Demak mengharapkan LDII mampu melakukan improvisasi sistem dakwahnya, sehingga lebih bisa diterima masyarakat dengan baik.

D

EMI tercapainya sinkronisasi program kegiatan dakwah LDII (Lembaga Dakwah Islam Indoensia) tahun 2013 dengan Rencana Kerja (Renja) Pemkab Demak, pengurus DPD LDII Demak beraudensi dengan Bupati Demak HM Dachirin Said. Untuk mewujudkan dakwah yang dinamis dan mampu memberikan kontribusi nyata kepada pelaksanaan pembangunan di Demak, LDII langsung berdialog dengan bupti. “Sehingga kami bisa memperoleh gambaran prioritas program pembangunan, sebagai referensi penyusunan dakwah LDII tahun 2013,” ucap Ketua DPD LDII Demak Kurniawan Ariefandi, setelah beraudensi dengan bupati di ruang kerjanya, kemarin. Disampaikan Kurniawan, pemda sangat terbuka sehingga ruang kerja LDII bisa lebih luas dalam koridor peraturan perundangan yang berlaku. Dan LDII Demak siap mengemban amanat organisasi untuk

Pengurus LDII saat audiensi dengan Bupati Demak HM Dachirin Said mampu mewujudkan visi dan misi organisasi melalui pencanangan “Green Dakwah LDII”. “Audiensi dengan bupati dianggap memiliki nilai yang amat strategis, yaitu di samping terjalinnya tali silaturrahim juga sebagai sarana mewujudkan sinkronisasi program, mengingat adanya keselarasan antara visi misi organisasi dengan visi misi Pemkab Demak. Serta pengarahan bupati sangat diharapkan untuk membuka ruang kerjasama lebih baik antara,” ungkapnya. Audensi dihadiri juga Kepala Kantor Kesbangpolinmas Taufiq Rifai, Kabag Kesra Setda Demak Djauhar Arifin, serta pengurus harian DPD LDII Demak. Bupati menyambut baik paparan program yang akan dicanangkan LDII, dan mengakui ketulusan

Hudson Meriahkan Resepsi Tahun Baru

kegiatan dakwah yang selama ini telah dilaksanakan secara konsisten. Bupati mengatakan masyarakat Demak memiliki kekhususan dalam tradisi ibadah, oleh karenanya LDII dalam kegiatan dakwah diharapkan mampu melakukan improvisasi sistem dakwah, sehingga lebih diterima masyarakat secara baik. Keberadaan LDII menambah keberagaman aktivitas dakwah yang sudah berkembang sekian lama dan menjadi tradisi di Demak. Bupati juga menaruh harapan besar agar LDII mampu mengisi ruang syiar Islam yang belum tersentuh secara efektif oleh pelaku dakwah lain, sehingga masyarakat Demak mampu mewujudkan dakwah yang dinamis dan mampu meneruskan tradisi pusat syiar Islam yang telah menjadi ikon Kota Wali. (swi/tab)

Pemkab Larang Kirim Pembantu ke Luar Negeri

ketua panitia peringatan Tahun Baru 2013, Sutiyono. Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kendal Subarso mengatakan, mengantisipasi kemacetan arus lalu lintas di jalan menuju stadion, pihaknya akan memberlakukan satu arah akses menuju lokasi pesta kembang api dari arah selatan. Pengguna jalan dari Jalan Waluyo tidak diperkenankan masuk ke jalan stadion dari arah utara. ‘’Kami juga berkoordinasi dengan Polres Kendal,’’ terangnya. Kapolres AKBP Asep Jenal Ahmadi menjelaskan, pihaknya masih akan melakukan rapat koordinasi dengan intansi terkait untuk penanganan arus lalu lintas dan pengamanan keamanan pada saat acara pergantian tahun. Dia tidak menampik pada saat itu bisa terjadi tindakan kriminalitas. ‘’Kami menyiapkan personel baik yang berseragam maupun berpakaian preman,’’ terangnya.

HARSEM/DOK

KENDAL - Memperingati malam pergantian tahun, Pemerintah Kabupaten Kendal akan menggelar dua acara, yaitu di Pendapa Kabupaten Kendal, berupa resepsi dan acara hiburan. Dalam kegiatan tersebut, pemkab akan mendatangkan Hudson, finalis “Indonesia Mencari Bakat”. Selain di pendapa, pemkab juga menggelar panggung hiburan di kawasan Stadion Utama Kendal. Tahun ini puncak perayaan malam pergantian tahun diselenggarakan di Stadion Utama Kendal. Hal itu lantaran adanya penataan kawasan alun-alun yang berkonsep untuk rekreasi keluarga. Kegiatan di Stadion Utama Kebondalem yang merupakan home base Persik Kendal akan dimeriahkan OM Palapa. Selain itu, juga akan digelar pesta kembang api pada detikdetik penyambutan Tahun Baru 2013. ‘’Total biaya rangkaian kegiatan tersebut sekitar Rp 275 juta yang seluruhnya bantuan dari sponsor,’’ kata Bupati Widya Kandi, Kamis (27/12). Selain hiburan gratis, Pemkab Kendal akan memberikan penghargaan kepada kepada sejumlah kalangan seperti pegiat seni budaya, olahragawan berprestasi, figur pendidikan, penggiat UMKM, lingkungan dan penghargaan khusus. ‘’Kami juga akan menyerahkan secara simbolis kartu Jamkesmas dan Jamkesda kepada warga miskin,’’ tambahnya didampingi

HARSEM/SUKMAWIJAYA

Penggelapan Ekspor Hasil Laut

(H36/SMNetwork/tab)

Hudson

DEMAK- Pemkab Demak menyatakan tidak akan memberikan ijin bagi warganya yang akan berangkat menjadi TKI dari sektor informal. Larangan pemberian ijin itu dikarenakan pengawasan maupun perlindungan terhadap TKI yang akan bekerja terutama menjadi pembantu rumah tangga (PRT) dirasakan sedemikian sulit. Menurut Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (dinsosnakertrans) H Agus Nugroho LP melalui Kabid Penempatan Tenaga Kerja Transmigrasi dan Pelatihan Produksi Supriyo Abdul HR, larangan pemberian ijin untuk TKI sektor informal diberlakukan semenjak tahun 2009 lalu. “Kebijakan itu dilaksanakan semasa almarhum Bupati H Tafta Zani masih menjabat. Sekarang di era Bupati HM Dachirin Said juga belum dicabut,” tutur Supriyo kemarin. Disebutkan persoalan larangan, sekaligus didasari pertimbangan pemkab tidak ingin melihat warganya yang bekerja sebagai PRT di luar negeri nasibnya kurang menentu. Dia mengakui meski pemerintah pusat tidak melarang pengiriman PRT, namun Demak memilih menempuh menjalankan kebijakan itu. Sejauh ini pula, tambah dia, ijin hanya diberikan untuk mereka yang ingin bekerja sebagai TKI di sektor formal. Sektor formal mencakup antara lain karyawan di perusahaan, tukang atau teknisi, juga mereka yang ingin berlayar. Sebanyak 213 orang TKI asal Demak bahkan sudah memperoleh ijin ketika ingin bekerja di sektor formal. Mereka tersebar di Negara Jepang, Malaysia, hingga Korea Selatan. “Tidak ada yang di Timur Tengah. Sebab, negara negara di Timur Tengah kebanyakan hanya membutuhkan pembantu,” terangnya. Sementara itu menanggapi kasus meninggalnya Suparminah (33),TKI asal Desa Temuroso Kecamatan Guntur, dinas menyatakan tidak akan berpangku tangan. Pihaknya tetap akan berupaya untuk membantu pihak keluarga Suparminah, yang dinyatakan meninggal namun jenasahnya belum dipulangkan. Dinsosnakertrans butuh kelengkapan data-data almarhumah Suparminah untuk dilaporkan ke pemprov dan Kedutaan Besar Indonesia di Arab Saudi. Tujuannya, supaya kepulangan jenasah bisa dilakukan secepatnya. (H41/SMNetwork/tab)

HARSEM/SUKMAWIJAYA

Pengantin Adat Demak Bintoro Dibakukan

Pengantin adat Demak Bintoro yang sudah dibakukan ditampilkan dalam sebuah seminar regional

DEMAK- Pengantin adat Demak Bintoro telah dibakukan, diharapkan hasil dari penggalian tradisi upacara adat pernikahan dan tata rias pengantin Demak bisa dipergunakan oleh warga dalam adat pernikahan khas Demak. Sekitar setahun DPC Himpunan Perias Pengantin Indonesia (HARPI) ‘Melati’ Demak menggali tradisi upacara adat dan tata rias pengantin, dan pada tanggal 16 Oktober 2012 oleh konsorsium Jawa Tengah adat pengantin tersebut dibakukan. Namun ada beberapa paket yang disempurnakan. “Dan paket tersebut sudah dilengkapi

dengan menyertakan cucuk manuk bebek dan daun blimbing yang menjadi cirri khas dari Demak,” ungkap Ketua DPC HARPI Melati Demak, Hj Ida Nursa’adah, dalam acara Seminar Regional Tata Rias Pengantin Demak Bintoro. Namun dalam penetapan tersebut, hanya adat dan tata rias pengantin Demak Bintoro yang baru dibakukan meliputi pakaian keprabon dan pakaian pangeranan. Sebelumnya juga diupayakan pembakuan bagi adat dan tata rias pengantin Glagah Wangi namun adat tersebut dirasa belum berciri khas.

Dan hari ini (Kamis 27/12), tambah Ida, pihaknya memamerkan tata rias dan adat pengantin Demak Bintoro dan Pengantin Semarangan yang sama-sama sudah dipatenkan di tingkat nasional untuk meningkatkan kemampuan dan kapasibilitas para perias pengantin di Demak. Selain dua tata rias itu tersebut, dipamerkan juga tata rias pengantin paes ageng modifikasi. “Diharapkan dengan gelaran pameran tata rias pengantin tersebut, para perias tidak tertinggal dengan berbagai adat pengantin di Jawa,” ungkapnya. (swi/tab)


Kamis, 27 Desember 2012

MU Makin ...

Setan Merah hanya butuh dua menit untuk kembali membuat skor imbang. Robin van Persie mampu memanfaatkan kemelut di mulut gawang Tim Krul. Saat laga sepertinya akan berakhir imbang, Javier Hernandez tampil sebagai pahlawan lewat golnya di menit 90. Hasil ini makin menjauhkan MU dari Manchester City yang takluk 0-1 dari Sunderland. Gol kemenangan the Black Cats hadir lewat mantan penggawa City, Adam Johnson di menit 53. Dengan demikian, the Citizens makin tercecer dari MU. City tertinggal tujuh angka dari rival sekotanya yang sudah mengoleksi 46 poin. Sementara, peringkat ketiga Chelsea juga sukses memetik poin penuh saat

Tertimpa Tembok ...

melawat ke markas Norwich City. Gol Juan Mata di menit 38 bertahan hingga akhir pertandingan. Kemenangan ini membuat the Blues merapatkan jarak dengan City di peringkat kedua. Chelsea mengoleksi 35 angka, berselisih empat poin dengan City.

Belum diketahui berapa usia tembok pagar pabrik itu. Sejumlah saksi menyebut tembok ini telah ada sejak zaman Belanda. Bayi malang anak pasangan Hari Fitriyanto-Retno Wahyuningtyas itu menderita luka di bagian wajah karena terkena reruntuhan material bangunan yang menimpa rumah kakeknya, Habib. Hingga petang kemarin, Vino masih dirawat di ruang Paristri lantai 3 RS Elisabeth Semarang. Sementara Widiyanto mengalami luka lecet di bagian lengan, sejumlah bagian di tubuhnya. Empat rumah tersebut masing-masing milika Habib, Sumardjono, Jumadi, dan Abiyanto. “Tiba-tiba terdengar suara bergemuruh. Kejadiannya sangat cepat. Awalnya saya tidak mengetahui tembok itu runtuh. Tahu-tahu menimpa atas rumah. Saya kaget bukan main, karena sebelumnya saya sedang tidur di kamar,” kata Widiyanto. Terperanjat, Widiyanto sempat meloncat. Namun karena kejadiannya cepat, ia tak bisa mengindari reruntuhan

(twu)

Hasil Boxing Day Everton 2-1 Wigan Fulham 1-1 Southampton MU 4-3 Newcastle Norwich 0-1 Chelsea Reading 0-0 Swansea Sunderland 1-0 City QPR 1-2 West Bromwich

Nyabu, Dua ... Terpisah, polisi juga menangkap tiga tersangka narkoba lain di tempat berbeda pada Kamis (13/12), sekitar pukul 16.30. Masing-masing tersangka Franky (33), warga Tinjomoyo. Ia ditangkap di sebuah garasi rumah di Jalan Palebon beserta barang bukti satu kantong plastik berisi 10 butir pil ekstasi warna merah, sebuah ponsel dan sebuah BlackBerry, serta sebuah token BCA. Tak berselang lama, pada hari yang sama, polisi berhasil menangkap Rinno (45), warga Lamongan di sebuah rumah kos di Jalan Telaga Bodas I/01, sekitar pukul 18.30. Polisi mengamankan barang bukti sebuah kantong plastik berisi 0.2 gram sabu, sebungkus korek api berisi satu kantong plastik yang di dalamnya terdapat 10 butir pil ekstasi warna kuning, dua timbangan digital, dua buah ponsel, dan seperangkat alat hisap. Berikutnya tersangka Yos (26), warga Candisari ditangkap Senin (17/12), di Jalan

Perluasan Bandara ...

Soal akses atau pembangunan fisik jalan masuk menuju bandara yang melewati Sungai Siangker dan kawasan PRPP, ia mengaku, saat ini juga belum dikerjakan. “Informasi yang kami terima, Pemkot Semarang gagal melakukan lelang. Untuk fisik jalan, APBD Perubahan Jateng sudah mengalokasikan anggaran Rp 7,5 miliar dan Kota Semarang

Gayam, atau tepatnya di depan RM Sop Kepala Kakap, sekitar pukul 14.30. “Dari tangan Yos, kami menyita barang bukti berupa 3 kantong plastik kecil berisi sabu-sabu seberat 0,6 gram, sebuah timbangan digital, dua ponsel dan satu unit sepeda motor Honda Beat,” ungkap Kapolrestabes Semarang Kombes Elan Subilan melalui Kasat Narkoba, AKBP Joko Cahyono, Rabu (26/12). Dikatakan Joko, pihaknya bertekad terus melakukan pemberantasan terhadap peredaran narkoba di Kota Semarang. Ia mengakui, modus peredaran narkoba di Kota Semarang dilakukan secara tersembunyi. Pengedar dan bandar melakukan aksinya secara rapi dan licin. ‘’Sejumlah tersangka merupakan target operasi, di antaranya Soney. Kami telah lama melakukan pengintaian. Hingga akhirnya kami mendapat informasi Soney melakukan pesta sabu di sebuah hotel, kemudian kami melakukan penggerebekan,’’ ujarnya. (abm/rif)

Polisi Salah ...

Dikatakannya, kasus salah tembak sepanjang 2012 ini merata terjadi di seluruh Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua. Kasus pertama terjadi 3 Januari 2012 di NTT dan terakhir 21 November 2012. “Terbanyak, kasus salah tembak terjadi di Jakarta, yakni 6 kasus. Kedua, di Sulawesi Utara ada 5 kasus,” katanya. Salah satu insiden salah tembak di antaranya menewaskan korban seorang wanita hamil 6 bulan beridentitas Federika Metelmetti (38). Ia tewas akibat senjata api milik pacarnya, seorang polisi, di dekat Pos Polisi Kalimak, Bovendigul, Papua. “Sebagian besar, korban salah tembak akibat peluru nyasar. Sebagian lagi karena soal sepele, yakni cemburu dan tersinggung. Korban salah tembak mulai dari anak-anak usia 4 hingga 57 tahun.” katanya. Menurutnya, meski masih tinggi, data salah tembak tahun 2012 ini sedikit menurun dibanding pada 2011. “Tahun

sekitar Rp 3 miliar,” paparnya. Seperti diketahui, akses bandara itu nantinya dialihkan melalui kawasan PRPP yang semula jalan masuknya melalui Kalibanteng. Akses masuk yang selama ini digunakan, akan dialihfungsikan menjadi kegiatan Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Puspenerbad).(ano/rif)

yang membuat atap rumahnya jebol. “Semua barang di dalam rumah rusak berantakan akibat tertimpa reruntuhan. Televisi, tempat tidur, dan lemari remuk kebrukan tembok,” katanya. Atas kejadian itu, Widiyanto dan sejumlah korban lain menuntut ganti rugi perbaikan rumah dan biaya pengobatan. Mantan Lurah Kuningan Busro (64) mengatakan, pabrik plastik seluas sekitar 500 meter persegi tersebut sudah ada sejak zaman Belanda. Saat ini sudah tidak beroperasi. “Rumah-rumah warga sekitar juga sudah lama, diperkirakan sejak zaman Belanda sudah ada. Para korban menempati rumah tersebut secara turun temurun,” ujarnya. Kapolrestabes Semarang Kombes Elan Subilan saat dikonfirmasi mengatakan, untuk melakan proses hukum dalam insiden ini, pihaknya mengaku masih menunggu hasil penyelidikan. “Kami tidak akan gegabah melakukan proses hukum. Apakah ditemukan unsur pidana atau tidak, kami menunggu hasil penyelidikan,” katanya. (cun/abm/rif)

lalu ada 97 orang tak bersalah ditembak polisi, 19 tewas dan 78 terluka,” rincinya. Pane menandaskan, aksi polisi “koboi” dalam hal ini diklasifikasikan dalam dua kategori. Pertama, aksi main tembak, dan kedua aksi salah tembak. “Korbannya mulai dari orang gila, wanita, pengusaha, polisi, pelajar, dan masyarakat biasa,” katanya. Lebih lanjut dikatakannya, tahun 2012, ada dua polisi yang dihukum pengadilan karena kasus salah tembak. Pertama, Briptu Eko divonis 11 tahun penjara oleh PN Sidoardjo karena menembak mati guru ngaji. Kedua, Aiptu Avit divonis PN Tulangbawang 15 tahun penjara karena menembak mati Sahab di lokasi konser musik dangdut. Selain itu, PN Pasaman Barat menghukum Polsek Kinali membayar ganti rugi Rp 300 juta karena menembak Iwan Mulyadi. “Atas hal itu, IPW mendesak Polri harus melakukan evaluasi dan mengawasi kinerja jajarannya,” ujarnya. (abm/rif)

Bibit-Rustri ...

Balada Mahasiswi ...

024 - 3518359, 3512771

PROMO IKLAN BARIS: CUKUP BAYAR 40.000,- TAYANG 1 BULAN. Email : iklan_harsem@suaramerdeka.com. Harga Berlangganan: Rp 25.000,-

TANPA ANGGUNAN Hingga 150JT, Khusus karyawan/wiraswasta Syrt FC CC, Tnpa Survey HUB : TAMA 082133888228 IKL/D-PR/XII/1112

TANPA AGUNAN khusus karyawan swasta syarat slip gaji, serta keterangan kerja. Info: Ramon 085 228 117 368 IKL/S/XI/0512

LAIN-LAIN

PELUANG USAHA

Menerima Iklan Harian Semarang Hub. 024-91019729 PRODUSEN Throne ( Semir utk tas dan sepatu ) Tidak luntur, Tidak lengket, warna netral, bth distributor tunggal di Smg Hub : 08561712017/0811570840

HILANG STNK NOPOL H-2559JR a.n ONNY RATIH MAYASARI alamat Jalan. Peterongan sari II/17-C RT.04/07 Peterongan Semarang Selatan IKL/D/XII/1912

HILANG STNK NOPOL H-2601-BG a.n RUWADI alamat JL. Jangli Tlawah RT.02 / RW. 05 Candisari Semarang IKL/D/XII/1312

KOS

IKL/D/XI/2012

IKL/D/X/2912

KIOS/TOKO DIJUAL DJUAL TOKO HM Uk.5 x 20m, Jl. Imam Bonjol No.6 Smg (Dkt Hotel Singapore) Hub: 024-70169336 / 081575579009 IKL/D-PR/XII/1412

KIOS PASAR BINTORO DEMAK DPN JLN RAYA BESERTA ISINYA 2 LANTAI HRG 350JT NEGO 081 390 644 575

DIBUTUHKAN MARKETING Otomotif PT. Karya Zirang Utama Kirim CV Ke Jl. Jend Sudirman 182 Semarang DIBUTUHKAN MONTIR Sepeda Motor Pengalaman Min 1Tahun Hubungi: 0858 7931 7710 IKL/D-PR/XII/0812

DIBUTUHKAN ADM PROYEK, Laki2, Menguasai Ms Office, Project, diTmptkn Luar Kota. Lmr: Tromol Pos 816SM / SMG 50008-MER IKL/D-PR/XI/3012

DIBUTUHKAN: Tukang Masak untuk Proyek di Luar Kota. Lmr: Jl. Cakrawala Sltn II/1 Semarang, jam 08-10 Pagi IKL/D-PR/XI/3012

MOBIL DIJUAL

IKL/S-PR/XI/1612

RUMAH DIJUAL IKL/PR/VIII/3112

USAHA SANGAT MUDAH Cepat, aman, untung, berlipat!!!! Hub. 081384060799, 085642904032 PIN BB. 30681DAE IKL/PR/VIII/2512

GABUNG di BISNIS Inves FOREX? Modal Rp.5jt, Profit 5% /hari nonstop 100hari, Hub Udin Tel.021-41188041 http://www.gradasigold.com./SMS ”MINAT” Hp.087781995599 IKL/PR/V/1112

PENDIDIKAN

IKL/D-PR/XII/1312

DIJUAL KOS-KOSAN 20 Pintu/Kmr Daerah Bergas Ngempon Karangjati Ungaran Lt 450 M2 Ada Ruang Tamu 2 Dapur 2 Sumur Pompa Air Shm Hub : 08129360091 IKL/D/XI/2612

RUMAH + ISINYA Perumahan Wiku I Demak Luas 300M2 Full Bangunan Hrg 1.100M Nego 081 390 644 575 RUMAH PERUMAHAN Bintaro Asri Demak Blok C No.11 Hrg 125Jt NEGO 081 390 644 575 IKL/S-PR/XI/1612

IKL/D/XI/2212

SERVICE

MOTOR DIJUAL

PARFUM JUAL BAHAN Laundry Parfum, Pelembut, Trika wangi tenan Jl. Stadion Selatan 201 Hubungi: 8415268 IKL/PR/VIII/0412

PELUANG USAHA Franchise Murah 7Jt BEP 2Bln Minuman Plg Laris Hoeds Chocolate Hub : 081328604856

IKL/R/XII/0311

DIRUMAH NEMPEL BENANG TEH 5BOX 350 RIBU HUB : DWI YOGA 0856 4001 7549

IKL/D-PR/XII/0812

IKL/D-PR/XII/0812 PROMO NATAL Disc Pendaftaran 50% s/d Des 12;Privt Musik&Privt BEST MLM USA Prod Ksht Unik&Paten Rmh, Hub Lily’s Music School, Aktual Payout 64%. Gapok 10-50JT Aryamukti Timur 173,PH:6706664 CP: 085226700466 / 081575492028 IKL/D-PR/XII/0712

SERVICE PANGGILAN, Pompa air, Water Heater, Bikin Sumur, dll Hub : PAK SARNO TEKNIK.024-70545542 / 76740040 IKL/D-PR/XI/1412

HUBUNGI : 0878 3219 0407

TANAH DIJUAL

LES NGAJI DIBIMBING SAMPAI BISA HUBUNGI : 0852 2551 8179

TANAH WEDING LUAS 850M2 HRG 400JT NEGO 081 390 644 575

IKL/D-PR/XI/0912

MENERIMA kos2-an putri / mahasiswi /karyawati Jl. Parangbaris 7 no.19 Telp. 024-6706482 / 91341819 / 0856405222372

IKL/D-PR/XII/1811

DIJUAL RMH : JL. Kanfer Utara III / 219 BANYUMANIK 2 Lantai Bawah Toko HUB : 085727072189 / 02470629968

IKL/S-PR/XI/1612

SUZUKI KATANA 89 ORI DENGDENG NO H CANTIK HUB 081 225 755 009

PELUANG USAHA

KURSUS MUSIK

Keterangan : Harga belum termasuk PPn 10%

IKL/PR/XI/0512

HILANG STNK Nopol H-4297-Yf JUAL HONDA Beat ’09, Supra 125 ’05 A.N Tasriah Alamat. Jl. Gasem & '00, Supra Fit ’05 Hub: Jl. Pleburan SKRIPSI, TESIS HUKUM DAN Sari Rt.002 / Rw.003 Tlogomulyo Tengah No 20. Telp: 024-70668001 KENOTARIATAN CEPAT LULUS, MEMUASKAN DIJAMIN Pedurungan Semarang IKL/PR/IV/1312 IKL/D/XII/1812

Iklan Dukacita Rp. 6.500/mmk Iklan Baris Rp. 5.000/baris (min. 3 baris, maks. 9 baris)

PIJAT MULTITHERAPY : Sehat Alami atau Ilmiah untuk Seluruh Keluarga Infaq Mulai 35Rb/Jam. Khusus Panggilan Free Tensi Plus B’diskon di Ragil Husada Semarang Hubungi : Aryo 0819 0159 0787

IKL/D-PR/XII/0812

IKL/D-PR/XII/2712

8.000/mmk 7.500/mmk 7.500/mmk 7.000/mmk

PRIVAT HIPNOTIS, tenaga dalam, 30 menit. Teori lgsung praktek menghipnotis, hipnotherapy. Hub: 081567843339

IKL/D-PR/XII/0812

HILANG DOMPET & ISINYA,STNK Smash H-3898-NR a.n Devi Liana, Yg Menemukan Hub : 085727779514 / 081567717530

Rp. Rp. Rp. Rp.

IKL/PR/XI/1012 IKL/PR/IX/2512

IKL/D-PR/XII/1512

KEHILANGAN

Kolom Iklan Pendidikan Iklan Keluarga Iklan Sosial

IKL/D-PR/XII/0112

DIBUTUHKAN Laki/Wanita Max 24Th Punya Sim C, Bermotor, Gaji Tinggi Hub : 081328604856 Hoeds Chocolate

IKL/PR/IV/0712

Rp. 15.000/mmk Rp. 10.000/mmk Rp. 10.000/mmk Rp. 8.000/mmk

NEW : MASSAGE AND RILEX CALL VIONA 085741812670 PANGGILAN

SALES MARKETING Pria, Max 25 th, Min D3, SIM C, Motor Sdr, Gaji Tetap+ Bonus Hub: 024-70298800/024-3510356

JUAL-BLACKBERRY ORI: orlando 9380 Rp.1,4jt, Bellagio 9790 Rp.2,6jt, Apollo 9360 Rp.1,4jt, Torch2 9810 Rp.2,4jt, Onyx2 9780 Rp.2jt, Gemini 8520 Rp.1,1jt Laptop dan camera Telp: 085336105777 website: www. indorayashop.wordpress.com

TARIF IKLAN Display FC Display BW Advertorial FC Advertorial BW

PENGOBATAN

IKL/D-PR/XII/2112

YAYASAN CAHAYA

LOWONGAN

HP DIJUAL

(Saefudin)

BIO SPRAY Untuk Mengatasi Jantung Bocor, Kanker, Miom, Stroke, Kencing Manis Dll. Hub : 083838068971

PROMO GILA CETAK MMT Rp. 13.000/m Free Desain, Tanpa Minimal Order Imam Bonjol 80 (dkt PIKA) 024-3585967

IKL/D/IX/0712

IKL/D/X/1912

Tergantung berapa kali dia ditelepon pelanggan. Tarifnya pun variatif. “Kalau cuma sebentar, saya minta minimal Rp 300 ribu plus uang taksi. Kalau menginap -- apalagi yang booking pejabat atau pengusaha -- tarifnya bisa sepuluh kali lipat,” bebernya. Ada satu pengalaman tak terlupakan. Dia mendapat telepon dari seseorang untuk segera menyusul ke sebuah hotel di kawasan Simpanglima. Karena pas tidak ada jam kuliah, Nani segera berkemas dan meluncur dengan taksi. Ia mengetuk pintu sebuah kamar di lantai 8 hotel tersebut. Betapa kagetnya Nani, ketika pintu kamar terbuka, dari dalam muncul wajah yang sudah sangat dikenalnya. “Dia dosenku! Kami saling pandang, terhenyak, lantas sama-sama tersenyum. Ya, karena kami sama-sama membutuhkan, akhirnya kami pun bergelut mesra di ranjang,’’ cerita Nani seraya terkekeh, dengan bolamata pedih yang tersembunyi . Nani tidak tahu, sampai kapan profesi ini akan ia geluti. Hati kecil ingin berhenti, tetapi selalu saja ada setan yang terus menyuruhnya berbuat dosa. Kadang, dalam kepasrahan di tengah malam, ia menjerit memanggil Tuhan dan nama ibunya. “Ampuni saya, Tuhan. Maafkan saya, Ibu.”

‘’Awalnya saya tak percaya dia cewek begituan. Tapi lama-lama percaya. Dari sampingannya tadi, teman saya itu bisa hidup lebih dari cukup. Bayar kuliah lancar, bahkan beli motor. Katanya ingin beli mobil tapi malu, karena nanti jadi pertanyaan ortu di kampung,’’ tutur Nani dalam sebuah perjumpaan dengan Harsem, di foodcourt Citraland Semarang, pekan silam. Dengan belajar ‘’privat’ kilat’ lewat pengalaman sang teman, Nani akhirnya benar-benar terjun bebas menjadi pekerja seks komersial, dengan status keren: “mahasiswi panggilan”. Promosinya gampang, lewat iklan kecik di koran. Dengan hanya mencantumkan nomor ponsel, maka ia panen duit yang dirogoh om-om senang. Jika mahasiswa lain bimbang menjalani profesi ini, Nani justru cuek aja. Toh, dia sudah tidak perawan lagi. Ya, di daerah asal, Nani sudah punya pacar. Lebih empat tahun mereka pacaran. Orang tua pun merestui. Dari restu orang tua itulah mereka yakin bakal menjadi suami istri, sehingga nekat melakukan hubungan badan berulang-ulang. “Nanti kalau kami malam pertama, tentu suami tidak akan tanya status saya yang sudah tidak perawan karena kami pernah berhubungan. Ini yang membuat saya tidak perlu khawatir menjadi gadis panggilan,’’ papar Nani. Berapa penghasilannya dalam sebulan?

Iklan dan Berlangganan

BUTUH UANG/BPR

mengkhawatirkan jabatan yang dimiliki. “Tengok Pilwakot Semarang, ada Wakil Walikota Mahfudz Ali, Sekda Soemarmo, Plt Sekda Harini, dan Kabid Perencanaan Bappeda M Farchan. Setelah selesai, ya pemerintahan bekerja mendukung walikota terpilih,” ungkapnya. Seperti diketahui, kabar soal perpecahan birokrat itu dilontarkan oleh Sutoyo Abadi, mantan anggota DPRD Jateng yang kini aktif di Lembaga Pusat Studi Politik dan Kebijakan Publik. Sutoyo menilai perpecahan itu muncul karena adanya tiga pimpinan yakni Gubernur Bibit Waluyo, Wakil Gubernur Rustriningsih, dan Sekda Hadi Prabowo yang kini sedang berkompetisi memperebutkan kursi Jateng satu. (ano/rif)

Tetapi usai acara tersebut ketiganya keluar gedung secara terpisah. Rustri mendahului keluar diikuti Hadi, meninggalkan Bibit yang masih menyalami para tamu undangan. Menanggapi kabar adanya perpecahan tersebut, Direktur Pusat Kajian Otonomi Daerah dan Kebijakan Publik Undip Semarang Susilo Utomo mengatakan, pengelompokan birokrat itu hanya terjadi di waktu-waktu sekitar pilgub. “Selepas pilgub, birokrat akan kembali bekerja mendukung gubernur terpilih. Itu wajar saja,” kata Susilo. Ia juga mengatakan pengelompokan dukungan itu hanya terjadi di level pimpinan atau para kepala SKPD. Selain itu, dukungan tersebut lebih bersifat personal karena mereka

IKL/S-PR/XI/1612 IKL/D/X/1112

PENGOBATAN

TANAH SAYUNG SAWAH LUAS 7600M2 HRG 150JT NEGO HUB: 081 390 644 575

SEDIA JAMU TAWON KLANCENG. IKL/S-PR/XI/1612 Khusus wilayah Semarang dan siap DIJUAL TANAH JOGOLOYO SEBELAH diantar. Hub: 0856 2806 235 2 IKL/PR/XII/2612

PIJAT : IBU IDA MENGATASI EJAKULASI DINI, tambah Perkasa, Lulur Refleksi. Pekundeng Tengah III 4A. Hub : 024 8416 725 ada tempat bisa di panggil IKL/PR/XII/1812

PIJAT REFLEKSI, Body Massege, Totok Wajah 90Mnt 60Rb,Dipanggil Tenaga Pria Profesional Hub : 024 70010360, 081327610383

IKL/D-PR/XII/0712

ISLAMIC CENTER DEMAK 605M , 400JT NEGO. HUB : 081 390 644 575

IKL/D-PR/XI/0712

UMROH/HAJI DIVAN TOUR TRAVEL Percayakan Haji dan Umroh anda Pada Kami dengan Biaya Terjangkau Hub: 0821 3333 2108 IKL/PR/IX/1412

CARI

MOTOR & MOBIL

RUMAH & TANAH

LAIN-LAIN

CARI MOTOR MIO 2004-2005 supra. Hub joko – smg – 70798849

JUAL ZEBRA 88 warna biru pajak bln 10 standart harga 14,5jt. Hub pk yono – smg – 085290837791

TANAH MANGKANG Lt 96m2 kapling HM 35jt nego. Hub Bp budi – tlogosari – 085641736382

JUAL PERALATAN salon antara lain simer tempat facial, cuci rambut oizon meja rias rak sisir kondisi bagus 85% harga 5jt nego, sepeda wimcycle warna biru harga 600rb, kontrakn rumah plampitan 5jt/th 300rb/bln L 50 x 4m2, 2kt 2km listrik 900watt. Hub ibu yayah – ngaliyan – 024 7074 7756

IKL/CKR/XII/2612

CARI HONDA VARIO 2009-2010. Hub indra – mrican - 02470340449 IKL/CKR/XII/2612

CARI MOBIL SUZUKI st 20 carry plat H kota warna bebas. Hub bp teo – 083842325325 / 3585545 IKL/CKR/XII/2612

MOTOR & MOBIL MOBIL I-JET 84 pajak bln 11 warna merah bagus variasi harga 14jt. Hub bp andi – smg – 024 70570737 IKL/CKR/XII/2612

VEGA R 2006 hitam silver pajak bln 11 siap pakai harga 6,5jt/nego. Hub bp wanto – tlogosari IKL/CKR/XII/2612

VESPA SUPER 76 biru tua pajak bln 8 harga 5,75jt. Hub bp nandar – tlogosari – 70639397 IKL/CKR/XII/2612

ABSOLUT REVO 2010 warna hitam pajak bln 1 harga 8,4jt. Bp andi – ngalian – 024 70560528 IKL/CKR/XII/2612

IKL/CKR/XII/2612

JUAL SUPRA X 2000 warna hitam pajak bln 4 harga 5jt. Hub ucup – jatingaleh smg – 085727854002

IKL/CKR/XII/2612

JUAL MOTOR STAR 87 telat 1th harga 1,3jt. Hub 089669288153

IKL/CKR/XII/2612

JUAL APV 2004 warna hitam pajak bln 1 fullvar harga 95jt. Hub pk suhartono – kendal – 08122577347

IKL/CKR/XII/2612

MOBIL GRAND LIVINA 2011 plat H warna merah pajak bln 4 ready harga 163jt/nego IKL/CKR/XII/2612

RUMAH & TANAH TANAH KAPLING WONOSARI Lt 96m2 HM 30jt nego. Hub bp budi – tlogosari – 085641736382 IKL/CKR/XII/2612

KONTRAK TEMPAT usaha cinde L 3x3m2 listrik 450watt air 1jt/th. Hub bp dedi – cinde – 085741555565 / 024 70395900 IKL/CKR/XII/2612

IKL/CKR/XII/2612

RUMAH Lt 77m2 Lb 60m2 2kt 1km listrik 900watt artetis harga 140jt. Hub fredi – sendang mulyo – 081575822244 / 70325156 IKL/CKR/XII/2612

RUMAH dijatingaleh 3lantai harga 145jt. Hub pk joko – jatingaleh – 085642361080 IKL/CKR/XII/2612

LAIN-LAIN CROSS PD 11 tv 300rb touchscreen, nexian new M 5650 300rb, cross C1 new 225rb, tukar tambah hp, servis hp. Hub bp dedi – cinde - 085741555565 / 024 70395900 IKL/CKR/XII/2612

SIMBAH STEAK promo discount jl. Sanggung barat macam macam rasa mulai 12rb buka jam 12-9malam. Hub Ibu nining – jamgli - 085876552411 IKL/CKR/XII/2612

IKL/CKR/XII/2612

LCD TV 32” polytron merah harga 2,2jt, tv samsung flat 29” 2buah @ 1,150jt, keyboard yamaha 295 usb 6jt, mesin cuci samsung 2 tabung 6,5kg, sanken 2 tabung 7kg @ 900rb. Hub pk alfan – mranggen – 70388417 IKL/CKR/XII/2612

JASA PRT di smg luar jawa jg bisa punya KTP, rata-rata 700rb/bln, cari majikan butuh PRT. Hub mb nia – purwodadi – 085640247001 / 082326575851 IKL/CKR/XII/2612


Kamis, 27 Desember 2012

Harga Sembako Mulai Melambung

‘Victoria Care’ Pacu Penjualan Langsung

SEMARANG-Memasuki libur panjang Natal dan Tahun Baru, harga sembako di sejumlah pasar tradisional Semarang mulai melambung.

Pedagang ayam melayani salah satu pembeli di Pasar Johar Semarang, kemarin. terjadi hingga menjelang musim panen rendeng. Biasanya, hal itu berlangsung sekitar Maret,’’ katanya. Menurutnya, akibat faktor cuaca yang tak menentu, petani tak bisa menanam hasil pertanian sesuai rencana mereka. Ia mengatakan, secara garis besar mekanisme pasar selalu mempengaruhi gejolak harga komoditi di pasaran. Namun, alur distribusi serta cuaca lebih mempengaruhi kenaikan harga saat ini. Data dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Semarang kemarin menyebutkan, harga beras jenis C4 super mencapai Rp 9.600/kg naik dari dua bulan lalu sebesar Rp 9.000/kg, beras C4 biasa dari Rp 8.700/kg menjadi Rp

Untuk pasokan barang kebutuhan pokok, berdasarkan catatan Disperindag Ulfi menyatakan masih cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Semarang. Pasokan beras sampai saat ini sebanyak 12.200 ton sedang kebutuhan hanya 10.100 ton. Stok gula pasir mencapai 6.103 ton dan kebutuhan gula pasir hanya 3.685 ton, minyak goreng 882 ton dan kebutuhan 385 ton, tepung terigu 7.050 ton sedang kebutuhan hanya 3.475 ton, telur ayam 490 ton kebutuhan 440 ton, stok ayam sebanyak 745 ton kebutuhan 735 ton, serta pasokan daging sapi 178 ton dan kebutuhan daging sapi hanya 130 ton.

(K14-SMNetwork/yul )

Kampoeng Semarang Berbagi Berkah Natal dilakukan di 2013 mendatang. Yang jelas selalu SEMARANG- Kampoeng Semarang dalam ada yang baru di Kampoeng Semarang,” imbuh perayaan Natal, Selasa (25/12),menggelar Yuni. acara berbagi berkah Natal dengan turut Sementara itu, untuk menyambut dan berpartisipasi membagikan 100 nasi boks menyemarakan momen Tahun Baru 2013, kepada masyarakat yang berada di bantaran Kampoeng Semarang mempersembahkan Sungai Banjirkanal Timur, tepatnya di New Years Eve ‘Back to Nature’. Dengan daerah Barito sampai wilayah sekitaran Jalan konsep kembali ke alam, acara yang bertajuk Gajahmada. Festival dan Pesta Rakyat ini dimeriahkan Dibantu 10 karyawan Kampoeng Semarang, oleh beberapa seniman dari Semarang dan masyarakat bantaran Sungai Banjirkanal mulai dari para pemulung, tukang becak, tukang ojek, karyawan Kampoeng Semarang pun turut meramaikan acara dengan menampilkan pedagang kaki lima dan masyarakat sekitar, ketoprak Jawa. Adapun detil acara tersebut, antusias menyambut kegiatan sosial tersebut. Senin 31 Desember 2012, pukul 19.00 - 24.00 “Dalam Natal kali ini kami sengaja membuat performance Pesta Rakyat menghadirkan kegiatan sosial dengan membagi-bagikan nasi jajanan tradisional di Pasar Rakyat KS, spesial boks kepada masyarakat di sekitar Banjirkanal ketoprak Jawa: lakon Ande-ande Lumuten, Timur. Di sini kami ingin berbagi kasih dan Live Band Top 40, Night Festival, Night Fashion berkah kepada mereka yang kurang mampu,” Show, Door Prize. kata Yuni Dwi Jayanti selaku humas Kampoeng Info lebih lanjut hubungi Kampoeng Semarang Semarang. Telp 024-6580015-6580074, atau email : Info@ Tak hanya menggelar kegiatan sosial, Kampoeng Semarang.com. (hep/yul) di malam harinya Kampoeng Semarang mengadakan gala dinner dengan mempersembahkan menu spesial hari raya. Selain itu, bagi para pengunjung Resto Asem Jawa di Kampoeng Semarang diperbolehkan berfoto bersama Santa Claus dan mendapatkan special gift dari Santa. Tujuannya berbagi berkah dan kebahagian yang dilimpahkan serta dianugerahkan kepada semua lapisan masyarakat. “Ke depannya, Kampoeng Semarang akan mengadakan secara rutin kegiatan serupa, di antaranya seperti membagibagikan nasi tiap hari Jumat yang mulai Claus rfoto bersama Santa Para pengunjung be

PRIYONO

Party’ yang berkonsep ala agen rahasia Inggris 007, yang akan digelar di Amartapura Ballroom, mulai pukul 20.00. Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 250.000 nett/ orang, bisa menikmati pula sajian buffet dinner premium di antaranya Norwegian smoked salmon with caper, Spring prawn bisque soup, Braised Lamb Shank with tandori herbs, Roasted boneless Chicken and Mushroom pie with flaky pastry, Cajun Beef Tenderloin with red wine sauce&mushroom sauce, dan White and Dark Chocolate mousse,” jelas Promotion Manager Harum Hendra Winata. Dan tak ketinggalan, tambah Harum, tersedia pula doorprize iPad, Galaxy Tab, voucher menginap di executive suite. (yul)

8.800/kg, gula pasir naik dari Rp 11.000/ kg menjadi Rp 11.500/kg, daging sapi dari Rp 70.000/kg menjadi Rp 85.000/ kg, ayam broiler Rp 27.000/kg menjadi Rp 28.000/kg, telur ayam Rp 15.000/kg menjadi Rp 16.500/kg. Kepala Disperindag Semarang, Ulfi Imran Basuki menuturkan, menyikapi kenaikan harga sembako pemerintah terus memantau pergerakan harga untuk langkah antisipasi. Kenaikan harga ini dipastikan tak akan diikuti kelangkaan. ‘’Hal tersebut didasarkan pada pengalaman yang sudah-sudah. Kenaikan ini memang terjadi karena meningkatnya permintaan. Tapi masih dalam keadaan aman,’’ terangnya.

HARSEM/HERY

‘Bond Party’ di Grand Candi Hotel

SEMARANG- Grand Candi The Gallery Hotel, menawarkan paketpaket menarik untuk menutup tahun 2012. Pertama, promo kamar dengan berbagai keuntungan. New Year Room Package, yaitu hanya dengan Rp. 1.250.000,- nett/malam dengan fasilitas menginap di Deluxe Room. Harga sudah termasuk makan pagi untuk 2 orang, akses internet gratis berkecepatan tinngi, shuttle service gratis dari/ke bandara dan stasiun, dan termasuk New Year Dinner ‘Bond Party’ untuk 2 orang. Paket menarik ini berlaku untuk 31 Desember 2012. “Untuk New Year Party 31 Desember , kami sudah menyiapakan gelaran istimewa di pungkasan tahun 2012, yaitu ‘Bond

HARSEM/SMNetwork/Fista Novianti

B

ERDASARKAN pantauan, Rabu (26/12) seperti di Pasar Johar, sejumlah komoditas bahan pokok mengalami kenaikan diantaranya, beras, gula pasir, daging sapi, ayam, telur, dan cabai merah. Kenaikan harga sembako tersebut berkisar antara Rp 500 hingga Rp 2.000 per kilogramnya. Sri Mulyani (35) salah satu pedagang di Pasar Johar menuturkan, kenaikan harga bahan pokok mulai meningkat sejak sepekan terakhir ini. Hal ini karena makin tingginya permintaan menjelang libur Natal dan Tahun Baru. ‘’Memang sudah jadi rutinitas kalau tiap libur akhir tahun pasti harga sembako naik sama halnya dengan menjelang Lebaran. Namun bila dibandingkan dengan Lebaran, naiknya tak terlalu tajam,’’ ungkapnya. Selain itu, Sri menilai kenaikan harga berbagai komoditas tersebut disebabkan terganggunya transportasi menjelang libur akhir tahun. Kepadatan kendaraan di jalur pantura akhirnya menghambat pengiriman barang dari daerah asal. Sedangkan, permintaan dari konsumen terus tinggi. Sementara, pedagang beras di Pasar Jatingaleh Sulasmin (40) menambahkan, harga beras juga mengalami kenaikan dan sudah berlangsung sejak sebulan terakhir. Kondisi ini, menurutnya, disebabkan berakhirnya musim panen gadu (kemarau). Sedangkan musim tanam rendeng (penghujan) baru saja dimulai. ‘’Jadi stok gabah di petani hanya sedikit. Kenaikan harga beras akan terus

SEMARANG-Perempuan sebagai pangsa pasar terbesar industri kosmetik di Indonesia. Sayangnya, pertumbuhan penjualan kosmetik asal industri dalam negeri kalah bersaing dengan produk kosmetik impor. Direktur Utama PT Victoria Care Indonesia, Billy Hartono Salim mengungkapkan, kosmetik impor kini makin mendominasi pangsa pasar industri kosmetik di Indonesia. Masuknya produk kosmetik impor menghambat penjualan kosmetik lokal. Padahal, kualitas kosmetik dalam negeri tak kalah dengan kosmetik impor. ‘’Potensi kosmetik lokal sangatlah besar. Tentunya dengan mengembangkan bahan baku alami tradisional yang selama ini menjadi kekayaan alam Indonesia,’’ ungkap Billy saat kunjungannya ke Yayasan School Of Live di Jalan Cakrawala III Semarang, akhir pekan lalu. Menurut Billy, saat ini tak sedikit konsumen yang lebih memilih kosmetik impor. Untuk itu, Victoria Care sebagai salah satu produk kecantikan lokal berupaya memacu penjualan kosmetik dengan memperkenalkan kepada konsumen secara langsung. Proses edukasi terus dilakukan diantaranya, memberi kesempatan kepada masyarakat maupun instansi yng akan melihat langsung proses produksi sampai pengemasan menuju pabrik Victoria Care di Kawasan Industri Candi Semarang. ‘’Selama ini kami telah menerima banyak kunjungan dari beberapa sekolah, ibu-ibu Dharma Wanita, perbankan dan masih banyak lagi. Mereka bukan hanya dari Semarang saja melainkan dari Yogyakarta, Solo, Kudus, Banjarmasin,’’ paparnya. Billy menambahkan, agar kegiatan kunjungan itu lebih terpogram, Victoria Care akan mencanangkan program ‘’Victoria Visit’’ pada April mendatang. Untuk mendukung program tersebut, sejumlah perbaikan dilakukan. Antara lain, merenovasi fasilitas hingga membuka area khusus untuk menerima kunjungan. Tentunya, didampingi pula dengan tim profesional yang akan memperkenalkan proses hulu dan hilir cara membuat kosmetik Victoria Care. Victoria Care berdiri pada 26 April 2008 lalu dengan sejumlah produk kecantikan. Di antaranya, lulur mandi Herborist, parfum Victoria, pewarna rambut Miranda, lotion Iria, roll on aromaterapi, sabun sirih, minyak zaitun, dan masih banyak lagi. Dari produk tersebut, Herborist menjadi salah satu produk paling diminati hingga mencapai 40% dari jumlah penjualan seluruh produk. Disusul, pewarna rambut Miranda mencapai 20%-25%. Selama ini kosmetik tersebut memasarkan ke sejumlah daerah seperti Bali, Medan, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Bahkan ekspor ke Vietnam, Yaman, dan Pakistan. Pada kegiatan itu pula, Billy memberikan bantuan berupa sembako, pakaian, handuk, selimut, perlengkapan mandi dan uang tunai kepada Yayasan School Of Live. Sebelumnya, Victoria Care memberikan bantuan kepada sejumlah panti asuhan dan panti jompo di Semarang. ‘’Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian kami terhadap sesama yang juga termasuk rangkaian kegiatan sosial perayaan ulang tahun Victoria Care ke-5,’’ terang Billy. (K14-SMNetwork/yul )


Menuju Jateng Satu

Kamis, 27 Desember 2012

(ano/tab)

Mayjen TNI Suwarno HARSEM/ARIEL

OK

/D

M

EnjElAng pendaftaran calon pemilihan gubernur (Pilgub) Jateng 2013, hingar bingar mulai terasa. Mulai dari kabar adanya perpecahan birokrat di tingkat provinsi hingga munculnya beberapa wajah baru yang ingin maju sebagai calon gubernur (cagub). Setelah Titik Soeharto, kini tampil lagi wajah baru dari kalangan militer yakni Mayjen TNI Suwarno, Kepala Badiklat Kementerian Pertahanan (Kemhan), yang berupaya ikut meramaikan bursa cagub. Dalam pernyataannya kepada wartawan di Kota Semarang kemarin, ia mengaku, telah mendapat dukungan dari dua partai politik (parpol). Bahkan, ia juga mengaku, telah mendapat dorongan dan dukungan dari kalangan kiai dan ulama di Jateng. “Semula, saya tidak pernah berpikir untuk meramaikan bursa cagub pada pilgub mendatang. Namun setelah beberapa kiai dari Jateng menemui saya dan dorongan dari beberapa rekan, saya bertekad untuk maju. Saya juga sudah melakukan komunikasi dengan beberapa parpol. Kemungkinan besar, akan ada dua parpol yang mencalonkan saya nanti,” ungkapnya, yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum KONI. Ia sangat optimistis dengan adanya dukungan dari kedua parpol tersebut, meski jangka waktu yang dibutuhkan untuk menyosialisasikan dirinya terhitung sangat mepet. Soal program yang bakal diperkenalkannya kepada masyarakat, ia mengatakan,

akan mengusung tema ‘pedesaan’ yang merupakan basis ekonomi masyarakat Jateng. “Saya juga akan mengusung tema desa dalam pilgub ini. Saya akan jadikan desa sebagai basis ekonomi kerakyatan. Desa harus dijadikan subjek sekaligus objek pembangunan sehingga akan muncul potensi desa untuk membangun Jateng. Minimal, nantinya harus ada satu produk unggulan di setiap desa di Jateng,” ujar mantan Danpaspampres dan Pangdam V/ Brawijaya itu. Ditanya soal parpol pengusungnya, ia masih enggan untuk menyebutkannya. Namun beberapa sumber dari orang dekat Suwarno mengatakan, PPP dan PKB bakal mengusungnya. Bahkan, dikabarkan pula, Suwarno sudah melakukan komunikasi langsung dengan Ketua DPW PPP Jateng Arif Mudatsir Mandan. Dengan adanya komunikasi intensif yang dilakukan dengan dua parpol calon pengusung tersebut, ia meyakini pada awal Januari mendatang sudah akan ada rekomendasi dari kedua parpol untuk dirinya. Ia sendiri berharap pasangannya merupakan perempuan, sebagai upaya untuk mengutamakan kesetaraan gender. “Saya berharap, pasangan saya nantinya adalah perempuan untuk bisa melengkapi,” harapnya.

EM

SEMARANG- Mayjen TNI Suwarno, Kepala Badiklat Kementerian Pertahanan ikut meramaikan bursa cagub. Kemungkinan bakal diusung PPP dan PKB.

sebagai Ketua Majelis SEMARAng – Saat ini, tidak sedikit Pertimbangan Karang Taruna masyarakat yang menginginkan Kota Semarang. sosok muda untuk maju sebagai Ia juga mengatakan, calon gubernur (cagub) selain masih banyaknya atau calon wakil gubernur pemuda di Jateng ini (cawagub) dalam pemilihan yang memiliki kualitas gubernur (Pilgub) Jateng 2013 untuk posisi itu, strategi mendatang. Seperti yang tersebut juga bisa dinyatakan oleh kalangan muda mendongkrak perolehan dari Karang Taruna Jateng, yang suara pasangan calon. sangat mengharapkan partai Hal itu menginggat jumlah politik (parpol) bersedia mengusung Kukrit Suryo Wicaksono generasi muda di Jateng cukup sosok muda untuk mengisi posisi wakil sigfikan yakni hampir menembus gubernur. angka 10 juta. Hal itu disampaikan oleh Sekjen “Kelompok Karang Taruna Jateng Afroni generasi muda tentu Ahmad, kemarin. Ia menilai mendambakan pemimpin tidak salah apabila parpol dari generasi muda mengusung sosok muda untuk pula. Hal itu harus tampil sebagai cawagub. direspon oleh parpol “Saya berharap, mbok parpol karena partailah yang memberikan posisi cawagub memiliki kewenangan kepada sosok yang muda-muda. mengusulkan calonnya,” Ini untuk kaderisasi kepemimpinan terangnya. di Jateng,” jelasnya, kemarin. Novita Wijayanti Seperti diketahui, dari Ketua alumni Pondok Pesantren beberapa nama-nama yang Girikusumo Mranggen Demak itu menilai disebutkan Karang Taruna beberapa sosok muda Jateng yang layak Jateng itu, setidaknya untuk masuk dalam bursa cawagub ada tiga nama yang kini seperti Ketua Kadin Jateng Kukrit kerap muncul dan dinilai Suryo Wicaksono, Ketua Hipmi pantas mengisi posisi Jateng Dede Indra Permana cawagub, yaitu Kukrit Soediro, Ketua KNPI Jateng Suryo Wicaksono, Novita yang juga Ketua Komisi C DPRD Wijayanti, dan Yoyok Jateng Novita Wijayanti, Ketua Sukawi. Forum CSR Kesejahteraaan Kukrit pengusaha Sosial Jateng Fery Firmawan, dan muda sekaligus Ketua Ketua Komisi E DPRD Jateng Yoyok Kadin Jateng, Novita politisi Sukawi. Yoyok Sukawi muda PDI Perjuangan yang “Mereka memiliki kelebihan masingjuga Ketua KNPI Jateng, dan Yoyok masing dan sudah pantas untuk diusung politisi muda Partai Demokrat Jateng. (ano/tab) sebagai cawagub,” katanya yang juga menjabat RS

TNI Aktif Berani Nyalon Gubernur

Karang Taruna Inginkan Pemuda Jadi Wagub

HA

Mayjen TNI Suwarno

Cagub Berebut 29,6 Juta Pemilih

HARSEM/DOK

Perlu kampanye yang kreatif untuk memperebutkan suara pemilih dalam pilgub

SEMARAng – Harapan KPU Jateng yang menginginkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) menjadi data penduduk dan pemilih dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Jateng 2013 akhirnya terwujud. Hal itu langsung dinyatakan oleh Gubernur Jateng Bibit Waluyo bahwa data yang bersumber dari Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Kependudukan (Dinakertransduk) Jateng yang berlaku untuk pilgub. Dalam DP4 itu disebutkan, jumlah penduduk saat ini mencapai 39,29 juta jiwa. Sementara, data jumlah pemilih untuk pilgub mencapai 29,6 juta. “Pada 19 Desember lalu, saya sudah koordinasi dengan Mendagri. Keputusannya, kita menggunakan SIAK yang jumlahnya 39,2 juta. Jadi pemilihnya 29,6 juta,” katanya. Untuk Data Agregat Kependudukan Kecamatan (DAK2) Jateng dari Kemendagri yang menyatakan bahwa jumlah penduduk

sebanyak 32,57 juta, akan dievaluasi kembali. Data itu akan digunakan untuk Pileg dan Pilpres 2014. “Yang 32 juta itu akan dilakukan evaluasi dan perbaikan untuk keperluan Pileg dan Pilpres. Jadi sudah tidak ada masalah ,” ujarnya. Meski gubernur sudah memutuskan DP4 akan digunakan untuk pilgub, namun Ketua KPU Jateng M Fajar Subhi AK Arif mengaku, sampai kemarin sore pihaknya belum menerima surat keputusan dari gubernur tersebut. “Jadi data mana yang digunakan, kita tidak masalah. Kita ini adalah user dan hanya melaksanakan sesuai data yang diputuskan Pemprov Jateng,” kata Fajar. Seperti diketahui, kerancuan soal jumlah penduduk itu muncul setelah data penduduk Jateng muncul dalam dua versi yang berbeda. Dinakertransduk Jateng melalui DP4-nya melansir jumlah penduduk Jateng sebanyak 39,29 juta jiwa pada 26 November lalu.

RAKYAT BICARA

Perbaiki Bidang Kesehatan dan Pendidikan Oleh Ariyanto BERBICARA masalah pilgub Jateng 2013 menurut hemat saya Gubernur Jateng terpilih nanti diusahakan merupakan figur yang mau mengerti dan bisa merasakan susahnya kehidupan rakyat kecil pada umumnya. Karena kita yakin di Jateng kondisi real antara yang hidup enak dan yang hidup susah masih didominasi banyak rakyat dalam kondisi hidup susah atau kekurangan. Untuk itu calon gubernur sebelum terpilih tidak perlu melemparkan janji-janji yang tidak realistis tetapi cukup ada niat memperbaiki pelayanan publik di bidang mendasar yaitu bidang kesehatan dan pendidikan supaya lebih berpihak kepada masyarakat luas (biaya kesehatan dan biaya pendidikan murah). Selama ini biaya kesehatan maupun biaya pendidikan bisa berlainan antar-kabupaten/ kota. Hal ini seharusnya tidak boleh terjadi, alangkah baiknya ada kebijakan yang sama dalam satu provinsi. Contoh nyata di lapangan untuk bidang kesehatan yaitu ada di suatu Puskesmas dimana seseorang yang

Namun, pada 7 Desember, Kemendagri pun merilis DAK2 Jateng untuk Pileg dan Pilpres 2014 berjumlah 32,57 juta. Jadi, data penduduk 2013 dan 2014 berselisih 6,7 juta. Data Kemendagri itu sendiri lebih sedikit dibanding jumlah penduduk Jateng sesuai sensus penduduk 2008 yang sebesar 32,6 juta jiwa. Untuk itu, KPU Jateng pun meminta pemprov segera bersikap. Karena, data yang dipakai nantinya akan menentukan banyak hal seperti jumlah pemilih, tempat pemungutan suara (TPS), petugas KPPS termasuk honornya, dan pencetakan surat suara. Untuk Pilgub Jateng, juga penting untuk menentukan syarat dukungan bagi calon perseorangan dimana dengan jumlah penduduk sebanyak 39,29 juta, maka syarat dukungannya sebanyak 1.169.375. Sedangkan dengan data Kemendagri, syarat dukungan hanya 900 ribuan.

(ano/tab)

Kirimkan artikel, kolom, opini, komentar dan foto diri Anda seputar Pilgub Jawa Tengah ke redaksi_ harsem@suaramerdeka.com dan argaribisono@yahoo.com atau SMS ke 08156525025.

baru saja selesai berobat dia dikenai biaya pengobatan Rp 3.000 per kepala. Padahal saat itu yang sakit tiga anaknya plus istrinya. Kemudian masyarakat yang meminta dibuatkan surat keterangan sakit di Puskesmas yang sama untuk keperluan ijin sakit di tempat dia bekerja, Puskesmas tersebut meminta biaya Rp 5.000. Di sisi lain ada pernyatan dari seseorang Kepala Puskesmas dari lain tempat yang mengatakan berobat di puskesmasnya dijamin gratis. Nah lo, kok bisa lain kebijakannya? Dan mengenai penarikan biaya seperti di atas, seharusnya tidak perlu ada. Bukankah anggaran untuk bidang kesehatan termasuk gaji pegawainya sudah mendapat kucuran dana dari APBD. Kemudian untuk bidang pendidikan yang teorinya ada program wajib belajar sembilan tahun karena biaya pendidikan sebetulnya sudah dibiayai oleh APBD setempat, seharusnya tidak ada pungutan biaya lagi. Tapi kenyataan di lapangan masih ada pungutan ini dan itu

HARSEM/DOK

(seperti uang buku LKS, uang bangku, dan bayar raport). Nah tugas gubernur terpilih hendaknya

memperbaiki dua bidang tersebut. Bagaimana caranya agar masyarakat berobat ke Puskesmas tidak dipungut biaya atau jikalau berobat ke tempat pengobatan lain bisa semurah mungkin biayanya. Kemudian mengenai bidang pendidikan, gubernur harus bisa mengeluarkan kebijakan untuk biaya seluruh kegiatan pendidikan betul-betul dibiayai oleh APBD setempat. Bukankah tujuan negara kita merdeka di dalam Pembukaan UUD 1945 salah satunya adalah mencerdaskan kehidupan bangsa? Jadi amat logis jika ada pernyataan bahwa biaya pendidikan seyogyanya memang kewajiban pemerintah. Untuk itu masyarakat sangat berharap Gubernur Jateng mendatang adalah seorang figur yang bisa merasakan (tidak hanya merasa) dan mau mendengarkan (tidak hanya mendengar) keinginan masyarakat yang sesungguhnya. Kemudian dilanjutkan dengan dikeluarkannya kebijakan nyata yang bisa dirasakan betul manfaatnya oleh

masyarakat Jateng . Dilanjutkan pelaksanaan nyata di lapangan untuk meringankan bebanbeban hidup rakyatnya, khususnya dalam pelayanan publik di bidang kesehatan dan pendidikan. (*) Penulis warga Kendal

Cagub Alternatif Cagub Jateng alternatif the next Jokowi: Tri Rismaharini (Walikota Surabaya), Jopinus Ramli Saragih (Bupati Simalungun), Idham Samawi (mantan Bupati Bantul), Mardjoko (Bupati Banyumas). Hayo Ada parpol yang berani calonkan mereka? (085291957333) Rakyat Jawa Tengah harus memilih gubernur dan wakil gubernur yang melaksanakan pembangunan di atas tanah, bukannya yang di atas kertas saja (083842563785)


Kamis, 27 Desember 2012

Setia Tiga Singa

HARSEM/GETTY IMAGES

Brutal di Jalanan, Lembut di Lapangan DEBUT bersama timnas Inggris, 14 November silam, menempatkan Raheem Sterling di urutan kelima pesepakbola termuda yang membela Tiga Singa. Dia berada di bawah Theo Walcott, Wayne Rooney, James Prinsep, dan Thurston Rostron. Tapi, siapa sangka Sterling muda pernah dikeluarkan dari sekolah umum karena bermasalah dengan perilaku. Sejak usia lima tahun, Sterling bersama ibunya Nadine hijrah dari Jamaika ke Inggris dan tinggal di wilayah perkebunan St Raphael. Pemuda kelahiran Kingston Jamaika ini tumbuh menjadi pribadi agresif dan nyaris mengirimnya ke penjara. Namun, semua itu bertolak belakang saat dia memainkan bola di lapangan. Chris Beschi salah satu staf pengajar di Vernon House Special School mempunyai memori indah terhadap mantan anak didiknya itu. “Dia adalah bola kecil penuh energi dan terkadang bisa berubah menjadi kemarahan saat dia berkumpul bersama teman-teman sebayanya,” kenang Beschi. ”Tapi dari hari pertama dia bergabung dengan sekolah, sangat jelas bahwa ia memiliki bakat untuk sepakbola yang melampaui usianya.” Masih menurut Beschi, Sterling selalu memainkan sepakbola dengan bahagia. “Bersama Sterling, sepakbola menjadi lebih mudah ketimbang bermain bersama orangorang di atas usianya,” imbuh Beschi. Namun, Beschi juga tak memungkiri bahwa Sterling punya karakter sebagai anak muda yang nakal dengan gairah meledak-ledak. “Tapi ada juga garis kerja keras, gairah, dan etos kerja. Ketika masyarakat mengatakan ‘Anda gagal oleh standar kami. Anda berada dalam bahaya’,” lanjut Beschi. Beschi juga yang membisikkan kepada Sterling untuk terus mengasah keterampilan sepakbola atau dia hanya akan menjadi penghuni penjara karena pengaruh kehidupan jalanan. Dan kini Beschi bisa tersenyum bangga saat melihat mantan anak didiknya itu mulai menapak kesuksesan. (twu)

Winger 18 tahun ini telah berikrar untuk the Three Lions, meski punya kesempatan membela negara kelahirannya, Jamaika.

R

AHEEM Shaquielle Sterling telah memesona Premier League berkat penampilan impresif bersama Liverpool musim ini. Liukan Sterling saat menyisir pinggir lapangan telah menghidupkan memori indah Liverpudlian terhadap Steve McManaman— pujaan publik Anfield di awal ’90 an. Setelah sekian lama kehilangan sosok sayap murni, kini Sterling memberikan gairah baru bagi the Reds di dalam skema yang diusung Brendan Rodgers. Sejak menjadi starter di partai Liverpool vs Manchester City, 26 Agustus 2012, pemuda kelahiran 8 Desember 1994 itu nyaris tak tergantikan sebagai pendamping Luis Suarez. Rodgers pun harus menepikan dua winger senior—Joe Cole dan Stewart Downing—dan membiarkan Sterling menikmati permainannya di tengah gemerlap Premier League. Kepercayaan itu sanggup dibayar tuntas oleh Sterling hingga akhirnya panggilan untuk membela timnas Inggris datang. Tanggal 14 November 2012 menjadi hari istimewa bagi pemilik tinggi 170 cm ini. Di usia 17 tahun 342 hari, Sterling melakoni debut untuk Tiga Singa. Meski akhirnya Inggris takluk 2-4 dari Swedia, media-media Inggris yang getol mengkritik, tetap memberikan pujian untuk sang winger. Debut itulah yang kemudian menjadi tonggak karir Sterling. Sesuai aturan FIFA, Sterling masih bisa bermain untuk tempat kelahirannya, Jamaika karena belum genap 18 tahun saat membela timnas Inggris dan hanya berlaga di partai persahabatan. Tapi, pemain binaan Queens Park Rangers ini

tetap berkomitmen untuk jersey putih Tiga Singa. ”Jelas saya punya akar Jamaika. Saya lahir di sana, ibuku dan keluarga dari sana, tapi tidak ada yang mencoba untuk menempatkan tekanan pada saya,” ungkap Sterling seperti dikutip Daily Mail. “Saya sudah merasakan debut untuk Inggris. Dan mulai sekarang saya adalah 100 persen Inggris.” Sterling dan ibunya pindah dari Kingston ke London saat ia berusia lima tahun, dan dia berkembang melalui akademi pemuda di QPR sebelum pindah ke Liverpool pada tahun 2010. Sebelum berikrar untuk the Three Lions, Sterling juga telah mengucap janji setia untuk Liverpool. Pemain yang memulai debut bersama tim senior Liverpool pada 24 Maret 2012 itu menandatangani kontrak bersama si Merah selama lima tahun dengan bayaran 30.000 poundsterling per pekan. Angka itu jauh lebih kecil ketimbang bayaran Joe Cole (100.000 pounds) dan Stewart Downing (70.000 pounds). Tapi, kontribusi Sterling jelas lebih besar dibanding dua seniornya itu.

BIOSTERLING Nama Lengkap Raheem Shaquielle Sterling Tempat Lahir Kingston Jamaika Tanggal Lahir 8 Desember 1994 Debut Liverpool 24 Maret 2012 vs Wigan Debut Timnas 14 November 2012 vs Swedia Peranan Winger No Punggung 31

(twu)

HARSEM/GETTY IMAGES

BRAD Friedel masih akan bersama Tottenham Hotspur dalam beberapa tahun ke depan. Spurs baru saja memperpanjang kontrak kiper Amerika Serikat berusia 41 itu. Friedel memang sudah berumur. Tapi, kemampuannya belum pudar. Datang pada 1997, dia sudah membela empat klub, yakni Liverpool, Blackburn Rovers, Aston Villa, dan

kini Tottenham. Sejak musim 2004/2005 dia selalu bermain sebanyak 38 kali di Premier League, yang artinya sepanjang musim tak pernah absen. Baru musim ini, jumlah penampilannya berkurang. Penyebabnya adalah persaingannya dengan Hugo Lloris. Bukan rahasia apabila manajer Tottenham, Andre Villas-Boas,

membiarkan keduanya bersaing, meski belakangan menjatuhkan pilihan nomor satu kepada Lloris. Meski jumlah mainnya mulai berkurang, Tottenham masih mempercayainya. Nyatanya, mereka memberikan perpanjangan kontrak sampai 2014 kepada pemain kelahiran 18 Mei tersebut. “Saya sangat senang dengan kontrak baru saya! Seperti yang sudah saya bilang, saya sangat bahagia dan siap membantu Spurs dalam bentuk apa pun,” ujarnya seperti dilansir Sky Sports. Sebagai catatan, kontrak Friedel sebelumnya akan berakhir pada 2013. Dengan kontrak yang tinggal sedikit lagi habis itu, sempat muncul kabar bahwa dia akan kembali bermain untuk Blackburn. Villas Boas buru-buru mengikat Friedel karena dua kiper Spurs lainnya, Heurelho Gomes dan Carlo Cudicini sudah bersiap meninggalkan Whit Hart Lane. Gomes akan kembali ke Brasil, sedangkan Cudicini bersiap melanjutkan karirnya ke MLS. (twu)

HARSEM/GETTY IMAGES

Spurs Masih Percaya Friedel Madridista Dukung Mourinho Dipecat

MASA depan Jose Mourinho di Santiago Bernabeu semakin kelam. Meski bersikukuh tak akan mundur dari kursi pelatih, desakan pemecatan entrenador asal Portugal itu terus dihembuskan fans Los Blancos. Madrid menelan kekalahan keempatnya di La Liga musim ini saat bertandang ke Malaga, di pertandingan penutup tahun 2012. Hasil tersebut membuat peluang ‘Si Putih’ mempertahankan gelar juara Liga Spanyol benar-benar sangat tipis karena kini ada 16 poin yang menjurang antara mereka dengan Barcelona di posisi teratas.

HARSEM/GETTY IMAGES

Usai kekalahan atas Malaga tersebut, Mourinho menegaskan kalau dirinya tak akan menyerah dan mundur begitu saja dari kursi pelatih. Sejauh ini manajemen klub juga belum memberi pernyataan soal masa depan eks pelatih Chelsea dan Inter Milan itu. Berbeda dengan manajemen klub, Madridista—sebutan fans Real Madrid—justru menginginkan sebaliknya. Serangkaian hasil buruk yang didapat di paruh pertama musim sudah membuat mereka gerah dan sebagian besar sepakat kalau Mourinho sudah saatnya diberhentikan. Sebuah jajak pendapat yang dilakukan Marca mengungkapkan hal tersebut. Dari sekitar 100 ribu fans Madrid yang dijaring dalam polling tersebut, sebagian besar meminta terjadi pergantian pelatih di klub kesayangannya itu. Jumlahnya sangat besar karena sebanyak 82,4% memilih menjawab ‘Ya’ untuk pemecatan Mourinho. Selain performa yang dianggap menurun, hal lain yang membuat popularitas Mourinho menurun di mata fans adalah terkait keputusan dia mencadangkan Iker Casillas dalam laga kontra Malaga tersebut. Menurut catatan Infostrada, itu adalah kali pertama sejak tahun 2002 Casillas duduk di bangku cadangan Madrid. Hanya satu yang bisa menyelamatkan Mou, yakni trofi Liga Champions. Februari mendatang, the Special One akan memimpin si Putih untuk meladeni Manchester United di babak 16 besar Liga Champions. Direksi klub sepertinya bakal menjadikan partai itu sebagai test case Mou. (twu)

De Rossi Ogah Tinggalkan Roma SPEKULASI kepindahan Daniele De Rossi ke Manchester City sempat merebak di musim panas lalu. Tapi, gelandang AS Roma tersebut sudah menyatakan kesetiaan bersama I Lupi dan tak akan hengkang pada Januari mendatang, Rumor kepindahan De Rossi memang sudah lama beredar. Manchester City menjadi klub yang paling berminat untuk mendapatkan anak dari pasangan Alberto De Rossi dan Gaia De Rossi tersebut. Namun, De Rossi tetap menyatakan komitmen bersama Roma. “Saya lahir di Roma. Bagi saya, sebuah hal normal untuk tetap bermain di sini. Saya tidak pernah mencoba atau yang saya

inginkan untuk bermain di tim lain,” ujar De Rossi. “Bagi saya ini sangat luar biasa. Saya pertama datang ke pemusatan latihan ketika saya masih 12 tahun. Ini adalah rumah saya,” sambung pemain yang lahir 24 Juli 1983 tersebut, diberitakan Tribalfootball. De Rossi memang terlahir untuk memperkuat Roma. Dia memperkuat Serigala Roma sejak 2001. Pemain bernomor punggung 16 ini juga merupakan asli akademi sepakbola Roma. Berbagai gelar juara sudah dipersembahkan oleh De Rossi. “Presiden James Palotta mengatakan saya tidak masuk ke dalam bursa transfer, tidak dijual. Saya ulangi, saya masih mencintai

kota dan klub ini. Semua yang saya cintai tinggal di sini. Akan sangat sulit buat saya bila saya harus pindah,” jelas De Rossi. “Jika beberapa klub menginkan saya, pelatih saya harus berbicara dengan mereka. Saya tinggal untuk klub ini. Sejarahnya, saya hidup untuk klub dan bagi saya, meninggalkan tim ini akan menjadi sebuah drama yang besar. Saya ingin sekali bertahan di sini,” tandasnya. Akhir pekan kemarin, gelandang 28 tahun itu berperan besar saat Roma mengandaskan AC Milan 4-2. Sebelumnya, De Rossi dikabarkan sempat terlibat konflik dengan direksi klub dan membuatnya diparkir di beberapa laga. (twu)

HARSEM/GETTY IMAGES


Kamis, 27 Desember 2012

Bereskan Kontrak Penandatanganan kontrak akan dilakukan hari ini. Sedangkan gaji baru cair awal Januari mendatang.

S

ETELAH lebih kurang satu bulan para pemain PSIS Semarang berlatih di bawah arahan pelatih Firmandoyo, kini mereka segera memperoleh kejelasan status. Rencananya, siang ini mereka akan menandatangani kontrak sebelum memulai kompetisi, 27 Januari mendatang. General Manager Ferdinand Hidiarto menerangkan jajaran manajemen sudah berkonsultasi dengan PT Setia Bina Nusa di Jakarta perihal kontrak yang sudah disetujui konsorsium itu. Kini draft rancangan anggaran belanja (RAB) kontrak baik para pemain, pelatih serta ofisial sampai September 2013 telah selesai dan tinggal diajukan serta disodorkan para pemain untuk ditandatangani. “Setelah makan siang nanti para pemain akan menandatangani

kontrak, semua syarat sudah dipenuhi termasuk klausul kontrak untuk pemain,” papar Ferdinand, kemarin. Pihaknya mengakui dalam draft nanti sudah ada klausul-klausul tertentu yang dinilai cukup fair untuk kedua belah pihak. Dia berharap kondisi sepakbola Indonesia dapat berjalan lancar sampai kompetisi berakhir. “Kami tetap terbuka dan fair terhadap pemain, tidak ada menangmenangan ataupun seperti atasan dan bawahan,” tambah Ferdinand. Jajaran manajemen tinggal menunggu kedatangan Direktur PT Setia Binanusa Nur Salam yang saat ini masih ada kepentingan di Hongkong. Nur Salam akan tiba di tanah air pada akhir bulan ini, setelah tiba di Indonesia dia akan mewakili pihak manajemen dalam tanda tangan draft kontrak tersebut.

HARSEM/INDRA PRABAWA

Iswandi Dai dkk hari ini dijadwalkan melakukan penandatanganan kontrak dengan manajemen PSIS Terkait pemain asing yang sudah dikantongi salah satunya adalah Eks palang pintu Persipasi Bekasi asal Liberia Morris Power Bayour jajaran manajemen juga akan menyodorkan kontrak untuk pemain tersebut setelah sebelumnya telah direkomendasikan

oleh pelatih Firmandoyo. “Kita optimistis Morris segera tanda tangan kontrak, karena di awal sebelumnya kita telah terbuka tentang kondisi keuangan yang ada,”papar Ferdinand yang juga Wakil Rektor III Unika.(cw1/twu)

Persis Ditinggal Empat Eks SAD

Gelandang Dolly Ramdhan saat berlatih dengan para pemain lain Persis Solo LI di Stadion Manahan, musim lalu. Dia kini berlabuh di Pelita Bandung Raya. HARSEM/SMNetwork/Setyo Wiyono

PERSIS Solo tidak akan dibela empat pemain lamanya yang merupakan

jebolan Sociedad Anonima Deportivo (SAD) Uruguay pada kompetisi Divisi

Utama Liga Indonesia (LI), musim depan. Empat pemain itu, Tri Windu Anggono (kiper), M Abduh Lestaluhu (gelandang), Rizky Sanjaya Pelu (gelandang) dan Dolly Ramdhan (gelandang), dipastikan tak lagi berkostum Laskar Sambernyawa. ”Mereka sudah meminta surat keluar dari Persis untuk syarat administrasi pindah ke klub lain. Kami juga memberikan surat tersebut,” kata mantan Sekretaris Manajer Persis LI Sapto Joko Purwadi, Rabu (26/12). Menurutnya, Tri Windu bergabung dengan Persegres Gresik, Abduh di Persija Jakarta, serta Dolly dan Rizky ke Pelita Bandung Raya. Pada kompetisi musim 2011-2012, tim Kota Bengawan diperkuat enam pemain eks SAD. Dua pemain lainnya adalah Taji Prashetio dan Randy Chandra (striker). Menurut Sapto, dua pemain terakhir belum mengajukan permintaan surat keluar dari Persis.

Semarang Loloskan 10 Pepanah KOTA Semarang berhasil meloloskan 10 atlet panahnya ke Porprov 2013 di Banyumas. Dalam babak kualifikasi yang berlangsung di SMA 2 Bae Kudus, beberapa waktu lalu, Semarang berhasil memperoleh dua emas, dua perak, dan satu perunggu. Namun, berdasarkan peringkat, Kota Lumpia ini berhak mewakilkan 10 pepanah. Di nomor Compound Semarang meloloskan Mochtar dan Risang. Adapun di nomor ronde Nasional meloloskan Yudhi, M Yogik, Choirul, Khanif, dan Mirawati. Sedangkan di nomor ronde tradisional Semarang diwakili Bayu Nugroho, Koko, dan Agus. Di Banyumas nanti, Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kota Semarang menargetkan dua emas, satu perak, dan dua perunggu. Ketua Perpani Semarang Supriyadi mengatakan, jumlah pepenah yang lolos

kualifikasi sesuai dengan target yang diharapkan. Langkah selanjutnya, pihaknya akan segera melakukan pemusatan latihan pada Januari depan. ”Syukur anak-anak bisa bermain lepas. Hasil yang diraih sesuai dengan harapan kami selaku pengurus,” tandas Supriyadi yang juga Wakil Ketua DPRD Semarang ini, Rabu (26/12). Hasil positif ini, menurut dia, tak lepas dari semangat atlet yang giat berlatih di SD BI Klipang sebalum pra-Porprov. Meski saat itu keadaan masih sulit, Supriyadi memuji kebesaran hati atlet yang mau berlatih. Sekretaris Perpani Semarang Sigid Widiyanto menambahkan, selain pemusatan latihan, Perpani juga berencana melakukan sejumlah uji coba di 2013 nanti. Kemungkinan, daerah yang dituju adalah Surabaya dan Jakarta. (H85,K18-SMNetwork/twu)

”Taji dan Randy sepertinya belum mendapatkan klub,” ujarnya. Disinggung soal kemungkinan dua pemain muda itu kembali direkrut guna membela skuad Laskar Sambernya, dia mengaku belum bisa menjawabnya. Sebab pengurus Persis belum mengeluarkan keputusan tentang pembentukan tim baru, kendati kompetisi dijadwalkan digelar mulai 27 Januari mendatang. Pada akhir kompetisi lalu, karteker pelatih Agung Setyabudi menilai, para pemain eks SAD mempunyai potensi bagus yang dapat terus dikembangkan. Namun jam terbang mereka dalam kancah persepakbolaan Tanah Air memang masih rencah. Dia bahkan menyebut beberapa pemain muda tersebut bisa dipertahankan untuk kembali membela skuad Laskar Sambernyawa, seperti Dolly dan Tri Windu. (D11-SMNetwork/twu)

Kapolrestabes Minta PSIS Berprestasi SEBAGAI tim ibu kota provinsi, saat ini prestasi PSIS masih kalah dibandingkan klub-klub lain, seperti Persija Jakarta, Persib Bandung dan Persebaya Suarabaya. Bahkan di Jateng masih di bawah klub kabupaten lain yakni Persijap Jepara. Melihat fakta itulah, Kapolrestabes Kota Semarang Kombes Pol Elan Subilan berharap agar tim kebangaan warga Kota Semarang berprestasi. Harus dapat sejajar dengan ibu kota provinsi. Apalagi PSIS memiliki dana yang cukup dan dukungan dari publik setempat. ”Masyarakat juga merasa memiliki PSIS. Karena mereka harus dipuaskan, caranya menyuguhkan pertandingan yang baik dan berprestasi. Syukur-syukur dapat menang di setiap pertandingan. Kalau tidak dapat menang ya jangan bermain jelek dan kalah,” tutur Elan dalam audiensi dengan manajemen PSIS di Polrestabes Semarang, Rabu (26/12). Dia menambahkan, untuk mewujudkannya harus didukung dengan tim yang solid. Dihuni orang-orang yang cinta dan mau berkorban untuk skuad Mahesa Jenar. Menghilangkan niat mencari keuntungan dan mengutamakan penampilan terlebih dahulu. Jangan sampai ada konflik internal seperti yang sudah-sudah. Audiensi itu sendiri dihadiri perwakilan manajemen. Seperti General Manager PSIS Ferdinand Hindiarto, Manajer Tim Setyo Agung Nugroho, Manager Legal Khairul Anwar dan Manajer Pertandingan Dedi Satria. Adapun kapolres didampingi Kabakop AKBP I Ketut Suwirta dan Kasat Intelkam Ahmad Sukandar. Dua Ujicoba Lagi Seperti yang diketahui, PSIS akan berlaga di Divisi Utama PT Liga Indonesia (PT LI) yang mulai diputar 27 Januari 2013. Di laga pembuka, skuad arahan Firmandoyo akan menjamu Persiku Kudus di Stadion Jatidiri. Musim ini, PSIS menargetkan untuk promosi ke Indonesia Super League (ISL). Pelatih Firmandoyo akan merencanakan dua pertandingan ujicoba lagi untuk mengetahui sejauh mana kematangan para pemainnya dalam bertanding sebelum bermain di laga resmi kompetisi Divisi Utama musim 2013 PT. Liga Indonesia. “Jajaran pelatih telah memiliki program latihan sebelum kompetisi, puncak performa pemain nanti terjadi saat kompetisi berlangsung,” ujar pelatih yang akrab disapa Yoyok tersebut. Jumat (28/12) besok, PSIS akan nglurug ke Pekalongan untuk meladeni Persip yang di ujicoba sebelumnya dipermak Imral Usman cs 4-0. (K18, H85-SMNetwork/cw1/twu)

HARSEM/SMNetwork/Hendra Setiawan

Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Elan Subilan (tengah), usai menemui perwakilan manajemen PSIS, dalam audiensi di Polrestabes Semarang, Rabu (26/12).

136 Atlet Ikuti Lomba Tembak Target SEBANYAK 136 petembak dari berbagai daerah di Jateng akan mengikuti lomba menembak target (silhoute) yang digelar oleh Perbakin Semarang bekerja sama dengan klub tembak Si Ringgong di Desa Segan, Kecamatan Gringsing, Batang, JumatSabtu (28-29/12). Kegiatan ini bertujuan untuk kaderisasi atlet tembak yang ada di Jateng. Salah satu panitia Yulianto Hermawan mengatakan, selain kaderisasi lomba ini juga untuk mewadahi masyarakat yang berminat dan ingin terjun ke dunia olahraga menembak khususnya di bidang tembak target. ”Kami ingin mensosialisasikan olahraga ini kepada masyarakat, agar mereka tahu di mana dan bagaimana menjadi atlet tembak,” jelas Yulianto, kemarin. Diungkapkan, selain tembak target juga dilakukan lomba

berburu babi hutan di loksi yang sama. Lomba ini, kata Yulianto, untuk merangkul pemburu liar di luar anggota Perbakin. Selain itu, juga untuk membantu masyarakat mengendalikan hama babi hutan. ”Kami berharap, dengan adanya kegiatan ini diharapkan anggota Perbakin bisa meningkat kemampuan dan profesionalitasnya,” tandasnya. Pada lomba berburu nanti, ada kriteria yang akan diberlakukan untuk menilai. Antara lain adalah berat hasil buruan, perkenaan tembakan pada bai hutan, jenis kelamin buruan. ”Untuk perkenaan di daerah blat (jantung) mendapat poin 10. Sedangkan di daerah kepala mendapatkan nilai delapan, untuk daerah di luar keduanya mendapatkan skor enam,” papar Yulianto.(H85,K18-)

Bibit Waluyo Terima KONI Award 2012

DOJO Taka karate Klub keluar sebagai juara umum kejuaraan karate Dandim Cup yang digelar oleh FORKI Kota Semarang di GOR Mugas, Sabtu (15/12) lalu. Dojo yang terletak di Jl Perintis kemerdekaan tersebut, berhasil memperoleh 28 emas, 13 perak, dan delapan perunggu. Gelar Dojo Taka semakin lengkap setelah dua karateka yakni Baskoro Ndaru Mukti (Senior bawah 75 kg) dan Ovtya (Senior bawah 55 kg putri) dinobatkan sebagau best of the best karateka. Pelatih sekaligus pemilik Dojo Taka Tangguh Wicaksono mengatakan, keberhasilan dojo yang dipimpinya ini tak lepas dari latihan marathon yang dilakukan sebelum kejuaraan. Karateka memang dipersiapkan untuk tampil di Dandim Cup. Menurut dia, Dandim Cup ini dijadika pihaknya sebagai ajang pemanasan sebelum terjun ke ajang lainnya. Salah satunya adalah

kejuaraan ASEAN di Vietnam April tahun depan. ”Usai Dandim Cup ini, kami melakukan evaluasi untuk perbaikan,” tutur dia. Pada kejuaraan yang kali pertama digelar ini mempetandingkan dua nomor yakni kumite dan kata. Sedangkan kelompok yang dipertandingkan adalah usia dini (8-9 tahun, putra/putri), pra pemula (10-11 tahun, putra/ putri), pemula (12-13 tahunputra/putri), kadet (14-15 tahun, putra/putri), yunior (16-17 tahun, putra/putri) , senior (putra/putri), dan veteran. Ketua Umum FORKI Semarang Letkol Kav Dicky Armunantho Mulkan menyatakan, kejuaraan ini merupakan awal kebangkitan olahraga karate di Semarang setelah sekian waktu vakum menggelar kegiatan. ”Kegiatan ini juga merupakan bentuk tanggung jawab kami pada insan karate dan masyarakat Semarang,” tandas Dicky di selasela kegiatan. (H85,K18-SMNetwork/twu)

Gubernur Bibit Waluyo saat membuka Musorprov tahun 2012 di Hotel Patra Jasa Rabu (26/12) GUBERNUR Jawa Tengah Bibit Waluyo menerima penghargaan KONI Award 2012 dalam kategori tokoh masyarakat. Bibit dinilai berjasa dalam mengembangkan prestasi olahraga di Provinsi Jawa Tengah. Penghargaan ini diberikan di sela-sela Musorprov tahun 2012 di Hotel Patra Jasa Rabu (26/12). Menurut Wakil Ketua Umum KONI Pusat Mayjen TNI Suwarno menerangkan penghargaan tersebut merupakan apresiasi terhadap tokoh dan instansi yang membantu meningkatkan prestasi olahraga di Jawa Tengah.

HARSEM/SMNetwork/Irawan

Dojo Taka Juara Umum Dandim Cup

“Yang berhasil memenangkan KONI Award tersebut adalah mereka yang memiliki kepedulian dan komitmen kuat untuk memajukan olahraga, serta berusaha meraih prestasi sebaik-baiknya,” ujar Suwarno Seperti diketahui tahun-tahun sebelumnya prestasi Jawa Tengah baik di ajang lokal dan internasional selalu menunjukan grafik yang menanjak. Dalam ajang regional yakni Pekan Olahraga Nasional (PON) selalu meningkat yakni PON di Kaltim yang finis diurutan kelima sedangkan pada gelaran PON selanjutnya

di Riau finis diurutan empat. “Beberapa tahun terakhir Jawa Tengah terus berusaha untuk menjadi yang terbalik dalam bidang olahraga, ” imbuh Suwarno Selain itu Jawa Tengah juga menerjukan atlet sebanyak 312 pada gelaran Sea Games di Laos tahun 2009 dan 72 diantaranya meraih mendali emas. Jawa Tengah juga tercatat menjadi Juara Umum Perpanas. Selain kategori tokoh masyarakat ada delapan kategori yang berhasil meraih penghargaan KONI Award 2012 tersebut dianugerahkan kepada unsure TNI/Polri yakni Kodam IV Diponegoro dan Polda Jateng, unsure Birokrasi diraih oleh Sekretaris Daerah Pemprov Jateng Hadi Prabowo, unsure Perguruan Tinggi diraih oleh Unnes, kategori pembinaan atlet diraih oleh Kepala Disdikpora Povinsi Jateng Budi Santoso. Sementara, hari ini bakal berlangsung pemilihan Ketua Umum KONI Jateng di Hotel Patra. Jumlah peserta Musorprov KONI Jateng terdiri dari 49 pengurus cabang olahraga, enam badan olahraga fungsional, dan 35 KONI Kabupaten/Kota. Selain pemilihan ketua umum KONI Jateng, Musorprov ini juga menetapkan calonn tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng 2017. (cw1/twu)


Kamis, 27 Desember 2012

Plt Walikota Launching RAPBS Online Portal RAPBS Online Kota Semarang diluncurkan Plt Walikota kemarin. Melalui portal tersebut, masyarakat bisa mengakses rencana anggaran dan keuangan sekolah baik negeri maupun swasta.

W

HARSEM/LISSA FEBRINA

Plt Walikota Semarang Hendrar Prihadi meluncurkan RAPBS Online di Balaikota kemarin

Nasional dari BKPM. Pertama di Indonesia Implementasi RAD PK Kota Semarang ditandai peluncuran Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS) online di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Semarang. Serta percontohan Kawasan Bebas Korupsi di Puskesmas Mijen dan Pelayanan Kartu Pencari Kerja di Disnakertrans. RAPBS Online serta percontohan Kawasan Bebas Korupsi di Kota Semarang ini merupakan yang pertama dan satu-satunya di Indonesia. “RAPBS online ini komitmen transparansi dan keterbukaan anggaran sekolah. Komitmen keterbukaan setiap informasi, kebijakan serta pelayanan perizinan juga akan terus diperbaiki sebagai wujud pelayanan sebagai apartur negara,” lanjut Plt Walikota.

Plt Walikota mengajak seluruh elemen dan pemangku kepentingan bekerja keras dan berupaya optimal dalam implementasi RAD PK Kota Semarang yang tertuang dalam Perwal No 32 Tahun 2012. “Tanpa kerja keras dan upaya bersama serta keberanian untuk jujur pemberantasan korupsi di Kota Semarang tidak akan berjalan optimal,” tegasnya. Dengan adanya RAD PK ini, Plt Walikota mengajak seluruh pemangku kepentingan di Kota Semarang untuk menjadi bagian dari bangsa Indonesia umumnya dan Kota Semarang khususnya dalam upaya pemberantasan korupsi. “Dengan komitmen bersama, kami optimis indeks pemberantasan korupsi di Kota Semarang terus meningkat dan paling tidak di atas angka 6 pada 2014 mendatang,” tandasnya. (lif/nji)

Siswa Khawatir Terbebani Kurikulum Baru ‘cois’ (cerdas, otentik, iman dan solider) IPA SMA Kebon Dalem, Carolin KURIKULUM 2013 yang dalam pendidikan sehari-hari,” urainya. mengatakan, lebih baik tidak memberikan kesempatan Dalam kurikulum 2013, ada perlu ada perubahan kurikulum. siswa memilih salah satu perubahan sistem belajar siswa SMA. “Kalau misalnya saya ambil mata pelajaran di luar jurusan Selain pengelompokan kelas IPA, jurusan IPA, tapi saya juga mendatangkan pro dan kontra. IPS, dan bahasa, siswa juga diberi masih harus belajar geografi Salah satu siswa SMA Kebon keleluasaan memilih mata pelajaran kok rasanya aneh, Karena Dalem Semarang, Felix lain yang diminati. Siswa di kelas kan sudah nggak biasa,” (17) mengatakan, IPA misalnya boleh mengambil mata kata dia. dirinya kurang pelajaran bahasa atau ekonomi yang Selain itu, jika setuju adanya diminatinya juga. kurikulum tersebut pilihan mata Meski menuai banyak pro dan diterapkan saat pelajaran di luar kontra, Kementerian Pendidikan ini, dirinya merasa jurusan. dan Kebudayaan tetap akan keberatan. “Di satu sisi, melaksanakannya pada tahun “Membayangkan kebijakan itu ajaran 2013-2014. Hingga saat saja kayaknya sudah bagus karena ini, pembahasan seputar penataan berat, karena yang memberikan kurikulum masih terus dilakukan. harus dipelajari jadi kesempatan siswa Felix “Perombakan kurikulum yang tambah banyak,” untuk belajar mata HARSEM/ARIS W akan dilakukan sudah dalam jelasnya. pelajaran di luar jurusannya. proses pembahasan dan hal ini Menurutnya, jika Namun sisi negatifnya, semakin dilakukan karena sangat penting perubahan kurikulum banyak mata pelajaran yang harus dimana selama ini anak-anak tersebut menyangkut dipelajari,” jelasnya kepada Harsem, tidak memiliki waktu penerapan pendidikan baru-baru ini. dalam membangun karakter, tak Menurutnya, jika siswa yang karakter dirinya,” ujar perlu dengan bersangkutan memiliki kemampuan di Wamendikbud Musliar menerapkan atas rata-rata, maka hal itu tidak akan Kasim. kurikulum menimbulkan masalah. “Tapi kalau Menurutnya, tersebut. kemampuan siswa hanya rata-rata saja, selama ini pendidikan “Kalau di ini akan berat,” jelas siswa kelas XII itu. yang diberikan sekolah saya, Lebih baik, kurikulum SMA tetap sekolah selama ini pendidikan seperti sekarang. “Tidak perlu diubah, hanya menekankan karakter sudah karena ini sudah sangat baik. Kalau pembelajaran akademik. diterapkan menurut saja, lebih baik dipusatkan Sementara yang bersifat dengan baik. saja. Karena tidak akan menambah Carolin attitude atau perilaku Apalagi di sekolah beban siswa,” ujarnya. kurang terperhatikan. (awi/nji) kami selalu menerapkan Senada, siswa kelas kelas XI jurusan HARSEM/ARIS W

KEINGINAN masyarakat dan orangtua siswa untuk mengakses RAPBS sekolah masih harus tertunda. Pasalnya, meski portal RAPBS Online sudah diluncurkan oleh Plt Walikota Hendy Hendar Prihadi kemarin, ternyata datanya masih kosong. Saat Harsem mengakses portal tersebut di alamat disdik-kotasmg.org/rapbs2012, tak ada satu dokumen RAPBS yang sudah diunggah. Yang ada hanya rekap RAPBS sesuai jenjang SD hingga SLTA. Itupun hanya rekap sekolah negeri. Yakni dengan rincian 344 SD, 41 SMP, 16 SMA, dan 11 SMK. Saat tautan RAPBS sesuai jenjang di-klik, situs mengarah ke direktori RAPBS. Namun isinya masih ‘0 record’. Dengan kata lain, belum satu pun RAPBS sekolah yang sudah diunggah ke portal tersebut. Padahal berdasar PP No 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, semua sekolah baik negeri dan swasta wajib mempublikasikan RAPBS kepada masyarakat. Publikasi RAPBS juga menjadi syarat pencairan dana bantuan operasional sekolah (BOS). Belum lengkapnya isi portal RAPBS menjadi keprihatinan. Karena bisa menciptakan kesan, sekolah tak bersikap transparan dalam pengelolaan keuangan. Lebih-lebih, wacana publikasi RAPBS online sudah muncul sejak lama. Bahkan sejak era Walikota Sukawi Sutarip, sudah muncul ancaman ‘sanksi’ bagi sekolah yang bandel. Namun nyatanya, hingga portal RAPBS online diluncurkan, sekolah belum mempublikasikan dokumen yang dimaksud. Bisa dibilang, RAPBS merupakan RAPBNnya sekolah. Isinya, rencana pendapatan dan pengeluaran sekolah selama satu tahun. Semua sumber pengeluaran, baik yang berasal dari anggaran pemerintah (gaji, dana BOS, DAK) maupun dari partisipasi masyarakat harus dicantumkan. Demikian pula rencana pengeluaran. Adapun item anggaran baru dalam tahun berjalan, dimasukkan dalam RAPBS-perubahan. RAPBS tak boleh diputuskan secara sepihak oleh sekolah. Namun harus atas persetujuan komite sekolah. Pada kata sambutan dalam portal, Kepala Disdik Bunyamin mengatakan data RAPBS akan tersedia mulai tahun 2013. Mari kita tunggu, komitmen disdik dan sekolah untuk mempublikasikan RAPBS secara (benar-benar) online. (nji)

Undip Tambah Fasilitas Rumah Sepeda

HARSEM/HARTATIK-SM Network

UJUD komitmen Pemerintah Kota Semarang dalam pemberantasan korupsi salah satunya tercermin melalui launching implementasi Rencana Aksi Daerah Pemberantasan Korupsi (RAD-PK) Rabu (26/12) di Ruang Loka Krida, kemarin. Kegiatan dibuka Plt Walikota Hendy Hendrar Prihadi. Dihadiri Muspida Kota Semarang, Plt Sekda Kota Semarang, lurah, camat, kepala sekolah. Serta Deputi Pencegahan KPK dan Direktur Hukum dan HAM Bappenas yang memaparkan materi “Berani Jujur Hebat” dan Strategi Nasional pencegahan dan Pemberantasan Korupsi”. Menurut Kepala Bappeda, Bambang Haryono, penyusunan RAD PK Kota Semarang telah dimulai triwulan IV tahun 2011 dengan melibatkan seluruh SKPD dan fasilitasi Bappenas. Penyusunan juga melibatkan pemangku kepentingan seperti LSM pegiat antikorupsi, perguruan tinggi, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, FIM, KIM, ormas, dan lainnya. “Draf RAD PK diundangkan melalui Peraturan Walikota Semarang No 32 Tahun 2012 tanggal 14 Desember 2012 lalu. Ke depan, RAD diharapkan menjadi pedoman institusi pelayanan publik dalam memberikan pelayanan secara terukur dan akuntabel,” ungkap Bambang Haryono. Plt Walikota mengungkapkan RAD PK merupakan instrumen signifikan dan diharapkan berdampak luas dalam pemberantasan korupsi. “Sejumlah fokus di antaranya peningkatan kualitas pelayanan publik, penataan sistem keuangan daerah, perbaikan sistem administrasi pemerintah serta penetapan wilayah bebas korupsi,” ungkapnya. Diungkapkan Hendy, beberapa target telah terrealisasi. Di antaranya RAPBS online yang ditargetkan selesai 2014, kenyataannya dapat diluncurkan hari ini (kemarin, red). Selain itu, wujud nyata keterbukaan dan transparansi juga diperoleh dari pengakuan ISO terhadap 30 jenis pelayanan di BPPT serta Juara II Pelayanan Penanaman Modal Tingkat

Sudah Diluncurkan, Data Masih Kosong

Siwi Peni menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Rektor Undip

UNIVERSITAS Diponegoro (Undip) Semarang menambah fasilitas bagi para mahasiswa berupa rumah sepeda. Di rumah sepeda ini nanti, disediakan sepeda yang bisa dipakai para mahasiswa maupun karyawan Undip untuk melakukan perjalanan di dalam lingkungan kampus. Rektor Undip, Prof Sudharto P Hadi mengatakan, bagi para mahasiswa maupun karyawan yang naik angkot saat akan ke kampus, bisa langsung mendatangi rumah sepeda kemudian berganti sepeda saat di depan gerbang kampus. “Jadi ketika beraktivitas di depan kampus sudah langsung berganti sepeda,” kata dia. Dibangunnya rumah sepeda tersebut merupakan salah satu

bentuk kepedulian Undip untuk menjaga keselamatan bumi dari pemakaian bahan bakar kendaraan yang berlebihan. “Belum lama ini, Undip mendapatkan penghargaan dari Kementrian Kehutanan sebagai perguruan tinggi yang peduli terhadap penghijauan. Jadi kami ingin, penghargaan ini semakin melecut semangat kami untuk menciptakan lingkungan yang asri dan sehat,” kata dia. Hingga saat ini, Undip sendiri sedang melakukan empat program penataan kampus. Di antaranya ruang terbuka hijau, pengolahan sampah, pembangunan drainase dan penataan transportasi di dalam kampus.

Terkait rumah sepeda, belum lama ini Undip menerima bantuan rumah sepeda dari Bank BNI dengan nilai Rp 134,7 juta. Head of Business Banking BNI Wilayah Semarang, Siwi Peni mengatakan, bantuan sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab perusahaan terhadap program go green yang dicanangkan pemerintah. ”Untuk menyukseskan program ini, kami bekerjasama dengan berbagai pihak, diantaranya LSM, pemerintah pusat dan daerah serta sejumlah Perguruan Tinggi,” tukasnya. Menurutnya, tujuan dari pembangunan rumah sepeda tersebut sebagai ruang penyimpanan sepeda yang telah ada di Universitas Diponegoro, yang berlokasi di Kantor Pusat dan Kantor Rektorat Undip. ”Apabila bantuan rumah sepeda ini dapat dimanfaatkan secara optimal maka BNI akan selalu mendukung program–program lanjutan yang terkait dengan less emission di antaranya pemanfaatan sepeda sebagai alat transportasi yang ramah lingkungan,” kata dia. Sebelumnya, pada tanggal 31 Januari 2012 lalu, BNI telah memberikan bantuan sepeda sebanyak 65 buah kepada Undip.

(awi/nji)

Siswa SMAN 9 Bikin Buku Kenangan MASA SMA masa yang paling indah, tak hanya berupa ungkapan saja. Namun masa tersebut banyak diakui menjadi masa transisi yang paling menyenangkan. Bersabahat, berpacaran bahkan bermusuhan hampir selalu mewarnai kehidupan siswa SMA. Namun demikian, pertemanan yang indah tak akan terkikis sampai kapan pun. Untuk mengenang warna-warni kehidupan masa SMA tersebut, tak jarang para siswa membuat buku kenangan sebagai sarana untuk menyimpan memori. Begitu juga yang dilakukan oleh beberapa siswa di SMAN 9 Semarang. Salah satunya, Intan (17)), dirinya bersama teman satu kelas berencana untuk membuat buku kenangan. “Kami sudah mulai melakukan pemotretan untuk buku kenangan ini nanti,” jelasnya. Sejumlah lokasi telah dipilih demi terwujudnya foto yang indah, salah satunya

di restoran dan pusat kebugaran S2 (‘S’ two). Bahkan, untuk menyewa tempat tersebut, dirinya bersama teman yang lain rela mengeluarkan uang cukup banyak. “Untung saja dibagi dengan teman-teman yang lain, kalau tidak bisa bangkrut dong,” selorohnya. Untuk uang sewa tempat tersebut, mereka harus mengeluarkan biaya Rp 1juta. “Itu juga hanya beberapa sudut bangunan saja yang boleh kami pakai, jadi tidak semuanya,” kata dia. Biaya sebesar itu, ditanggung oleh 38 siswa. “Jadi masing-masing kena biaya sekitar Rp 25 ribu. Lumayan ringan sih,” ujarnya. Namun demikian, dirinya mengaku puas bisa melihat hasil foto-foto tersebut. “Seneng karena bisa foto bareng teman-teman, selain itu memang lokasinya bagus banget,” ujarnya. Tema yang diangkat dari buku kenangan tersebut yakni ‘Hollywood’. “Dan kami

mendapatkan tema action, jadi kebanyakan pakai kostum warna hitam biar kelihatan garang,” ujarnya. Sebanyak 38 siswa tersebut terbagi dalam tujuh kelompok dengan tema masing-masing. “Temanya macam-macam, yang pasti mewakili jenis film yang ada di Hollywood,” ujarnya. Sementara itu, tradisi membuat buku kenangan tersebut memang sudah dilakukan para pendahulunya. “Kalau tepatnya seperti apa buku kenangan dari kakak kelas sih kita nggak begitu tahu, tapi tema yang kami ambil ini memang murni ide dari siswa satu kelas,” kata dia. Dirinya juga mengatakan, pengambilan foto sudah dilakukan jauh-jauh hari agar pembuatan buku katalog tidak mengganggu persiapan UN (Ujian Nasional ). “Takutnya besok-besok malah nggak sempat, jadi sekarang saja. Lagi pula kalau ditunda, aktivitas kami untuk persiapan UN juga semakin padat,” tukasnya. (awi/nji)

Para siswa berpose untuk pembuatan buku kenangan HARSEM/DOK


Kamis, 27 Desember 2012

Anak Zaman Sekarang

Terlena Gadget Canggih SAAT ini, banyak orang yang memiliki gadget canggih seperti smartphone dan android. Perkembangan zaman yang pesat memang memudahkan orang untuk mencari informasi hanya dari ponsel maupun tab mereka.

H

AL ini pun dicontoh oleh anak-anak. Namun sadarkah kita bahwa generasi anak masa kini lebih akrab dengan gadget canggih daripada mainan atau permainan tradisional zaman kita dahulu? Kita tidak perlu parno dengan kedekatan anak pada gadget canggih karena memang zaman sudah sangat berbeda antara dahulu dan sekarang. Namun perlu diperhatikan bahwa anak zaman sekarang tetap harus mendapatkan masa kecil mereka dengan baik. Menggunakan gadget canggih juga tetap memerlukan dampingan dari orang tua. Membeli dengan Bijak Pastikan Anda membeli gadget dengan pertimbangan yang tepat. Jangan hanya membeli karena mereka ingin, tapi juga karena mereka butuhkan. Gadget canggih tentunya tidak murah, jadi sekalipun zaman sudah modern, pikirkan apakah membeli gadget tersebut memang akan efektif untuk anak Anda. Waktu untuk Mendampingi Anak Usahakan Anda juga paham mengenai teknologi dari gadget canggih tersebut. Sehingga Anda bisa mendampingi anak untuk menggunakannya. Hal ini untuk menghindari dampak negatif dari internet yang mungkin membahayakan seperti pornografi atau kecanduan gadget pada anak Anda.

Orang Tua adalah Panutan Anak akan mengimitasi perbuatan orang tuanya, jadi pikirkan juga tentang apa yang Anda lakukan. Bila Anda sibuk dengan ponsel Anda, maka begitu pula yang akan dilakukan oleh anak Anda. So, berilah contoh perilaku yang baik, misalnya me-manage waktu antara bekerja, bersantai dan berinteraksi dengan keluarga. Pola asuh zaman dulu tentu tidak bisa sepenuhnya diterapkan di zaman sekarang. Perlu sedikit modifikasi agar menyesuaikan dengan masa yang telah berubah. Namun kita bisa menerapkan nilai-nilai luhur di masa lalu pada anak kita dengan cara yang lebih fun dan modern.

(vem/yul)

8 Khasiat Bawang Putih Mentah SELAMA ini mungkin Anda mengira bawang putih hanya digunakan sebagai bumbu masak biasa atau properti dalam film Vampir. Usut punya usut, ternyata bawang putih punya lebih banyak manfaat bagi kesehatan. Umumnya bawang putih digunakan untuk membantu menurunkan tekanan darah dan juga sebagai antibakteri. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata dimakan mentah pun, si bawang putih ini tetap memberikan khasiat baik untuk kesehatan? Jangan terlebih dahulu membayangkan aroma pedasnya, coba intip beberapa manfaat bawang putih

bila dimakan mentah berikut ini... Manfaat 1. Bawang putih mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah kanker. Jika Anda adalah perokok berat, Anda boleh mengunyah bawang putih mentah untuk melindungi tubuh dan mencegah kanker. Manfaat 2. Bawang putih mengandung antiperadangan. Sehingga jika Anda mengalami demam, atau sakit tenggorokan, cukup hanya mengunyah bawang putih dan hasilnya tenggorokan Anda akan segera kembali fit.

Manfaat 3. Bawang putih juga merupakan antibakteri yang baik. Apabila Anda mengalami infeksi pencernaan, maka campurkan cacahan bawang putih mentah di dalam salad. Pencernaan Anda pun akan semakin lancar. Manfaat 4. Antioksidan yang terkandung di dalam bawang putih juga mampu membantu mengusir racun dari dalam tubuh. Manfaat ini tak hanya baik untuk kesehatan, namun juga dapat membantu memperlambat penuaan dini. Manfaat 5. Jika Anda menderita arthritis, hancurkan bawang putih mentah kemudian kompreskan pada bagian lutut atau tulang yang nyeri. Bawang putih akan meredakan nyeri tersebut. Manfaat 6. Keracunan akibat merkuri atau arsenik juga dapat diringankan dengan mengonsumsi bawang putih mentah. Namun, pertolongan ini hanya berfungsi sebagai pertolongan pertama saja. Segera dapatkan perawatan intensif dari dokter jika Anda mengalaminya. Manfaat 7. Mengunyah bawang putih merah juga dapat membantu memperlancar peredaran darah dan membuka pembuluh darah yang tersumbat. Manfaat 8. Apabila Anda menderita diabetes, bawang putih juga baik untuk membantu mengontrol jumlah kadar gula di dalam darah. Karena aromanya yang cukup tajam, dianjurkan selalu menggosok gigi setelah mengunyah si bawang putih ini. Anda juga tak mau kan kalau lawan bicara merasa terganggu karena aroma nafas Anda yang kurang sedap. (vem/yul)

Jangan Sepelekan Diare SIAPA saja bisa mengalami diare, tak mengenal usia dan status sosial. Diare bisa terjadi karena infeksi saluran pencernaan, paparan bakteri dari makanan yang kotor serta tak membersihkan tangan setelah buang air. Pencegahan diare yang paling mudah adalah mencuci tangan sebelum makan dan setelah buang air. Tapi banyak orang yang tak melakukannya. Padahal jika diare sudah menyerang, Anda bisa kehilangan banyak cairan yang bisa berujung pada komplikasi serius hingga kematian. â&#x20AC;&#x153;Semua kembali pada diri masing-masing untuk menerapkan kebersihan terutama organ tangan kita yang merupakan pintu masuknya kuman ke dalam tubuh. Dan, hampir 90 persen penyebab diare adalah virus,â&#x20AC;? ujar dr Herbowo Soetomenggolo SpA saat ditemui di Pacific Place, Jakarta. Menurut penelitian, mencuci tangan dapat menurunkan risiko diare hingga 47 persen. Untuk itu mulai sekarang pastikan Anda selalu menjaga kebersihan tangan. Terutama, kebersihan tangan buah hati, karena anak-anak yang paling rentan terkena diare. Agar diare bisa segera ditangani Anda harus bisa mengetahui gejala-gejalanya. Segera periksakan diri ke dokter jika Anda atau buah hati mengalami gejala berikut. Buang air besar berupa cairan Anda secara tiba-tiba buang air besar berkali-kali. Lalu, feses yang keluar berupa cairan. Untuk diare yang sudah parah, dari feses juga keluar darah. Tubuh pun terasa lemas karena kehilangan banyak cairan. Muntah Anda juga merasa mual dan muntah, serta kehilangan nafsu makan. Gejala tersebut terkadang juga disertai demam. (vl/yul)


Kamis, 27 Desember 2012

Tujuh Pelajar Tawangmangu Terseret Ombak, 1 Hilang

HARSEM/SMNetwork/Anindito AN

Pohon trembesi yang roboh dan melintang di Jalan A Yani barat Pasar Bunder digergaji agar mudah disingkirkan.

Pohon Roboh Timpa Orang Berteduh SRAGEN - Pohon trembesi berusia 100 tahun lebih di kompleks Pabrik Gula Mojo, barat Pasar Bunder Sragen, Pukul 14.50 kemarin roboh akibat dihempas angin lisus. Hujan lebat disertai angin lisus, juga membuat kalang kabut pedagang pasar hasil bumi Pasar Bunder. Hujan disertai hembusan angin selama 20 menit itu, akhirnya merobohkan pohon tua dengan garis tengah sekitar 1,2 meter. ‘’Suara pohon roboh itu, membuat saya gemetaran,’’ tutur Suliyem (42), pedagang durian di kios tak jauh dari lokasi pohon roboh. Pohon yang roboh menimpa Daman Udin (45) warga Ngablak Sumber RT 02, Sine Sragen Kota, serta kios milik Bayu. ‘’Darah terlihat mengucur di kepala Daman Udin, namun dia masih bisa berjalan dan dibawa berobat ke rumah sakit,’’ tutur Tarjo, pedagang pasar. Beruntung tujuh karyawan yang bekerja di kios UD Awal Mandiri (Aman) milik Bayu, selamat meski kios itu hancur tertimpa pohon. Para karyawan yang semula berlarian meninggalkan kios, kemudian kembali lagi untuk menyelamatkan barang dagangan rokok dan sembilan bahan kebutuhan pokok dan minyak goreng total senilai Rp 350 juta. (nin/SMNetwork/njs)

HARSEM/SMNETwoRK/NJS/JoKo Dwi HASTANTo

Bungkusan Tengkorak

Kasat Reskrim AKP Fadli bersama salah seorang anak buahnya membawa bungkusan berisi tengkorak (kepala) korban pembunuhan di Karangpandan. Tengkorak itu ditemukan tidak jauh dari lokasi penemuan potongan tubuh bagian bawah korban pembunuhan.

tersebut sekitar pukul 05.30 Rabu. “Hingga kini, seluruh personel gabungan terdiri dari Basarnas Pos SAR Yogyakarta, Polres Bantul, Dit Polda DIY, BPBD Bantul, Linmas Parangtritis masih terus melakukan penyisiran. Upaya pencarian ini juga dibantu oleh nelayan setempat,” katanya. AKP Riyanto menambahkan rombongan berangkat dari Tawangmangu Selasa malam (25/12) sekitar pukul 23.00 WIB. Total rombongan sebanyak 11 orang bersama sopir menggunakan kendaraan Colt L 300. ”Sesampainya di Jogja, rombongan ini sempat mampir ke Candi Prambanan lalu berlanjut ke Malioboro. Setelah itu menginap di Pantai Parangtritis hingga Rabu pagi,” kata dia. Usai mendapatkan kabar duka tersebut, sejumlah anggota keluarga di Dukuh Banjarsari, Tawangmangu langsung menyusul ke lokasi kejadian di Bantul Yogyakarta.

(an/SMNetwork/njs)

Tim SAR Parangritis mencari korban hilang

Tol Batang-Pemalang

Warga Kecewa, Pembebasan Lahan Mandeg BATANG- Pembebasan tanah ruas jalan tol BatangPemalang kembali tak ada kejelasan.

S

EtElAh sempat ada sosialisasi, namun kini prosesnya kembali terhenti. Ini membuat warga pemilik tanah yang terkena tol kebingungan dan kecewa. Padahal, sebelumnya mereka diinformasikan, akhir 2012 ini pembebasan lahan akan selesai. ‘’Pembebasan tanah tidak ada kabarnya lagi dan masyarakat yang terkena tol bingung karena tidak ada kepastian,’’ ujar Niti Suwito, salah seorang pemilik lahan terkena tol di Desa Pasekaran, Batang, Rabu (26/12). Dia menyatakan, sebelumnya Tim Pembebasan Tanah (TPT) dan Panitia Pembebasan Tanah (P2T) telah melakukan sosialisasi terkait rencana pembebasan lahan. Selain itu juga ada pendataan tanaman milik warga terkena tol. Ini disambut gembira oleh warga yang terkena tol karena mereka menginginkan kepastian. Namun, sekarang persoalan ini menjadi

tidak jelas lagi. Padahal warga sudah menginginkan pembebasan lahan cepat selesai. Apalagi juga sempat mandek sejak 2008 sampai 2012. Kades Pasekaran Amat Rohyi menyatakan, masyarakat pemilik tanah terkena tol merasa kecewa dengan ketidakjelasan pembebasan lahan. Menurut dia, ketidakpastian ini telah merugikan warga pemilik tanah yang terkena tol. Dia mencontohkan, ada warga yang ingin menjual tanah dan bangunan miliknya tapi tidak bisa karena sudah didata terkena tol. Padahal mereka sedang membutuhkan uang. Warga yang terkena tol juga menanyakan persoalan ini pada perangkat desa dan mereka tidak bisa menjawab secara pasti. Di Pasekaran sendiri ada 40 hektare tanah milik 18 orang yang akan terkena tol. Di Batang, ada delapan desa yang tanahnya akan dibebaskan. Yakni Desa Masin, Banjiran, Cepagan, Sawahjoho, Pasekaran, Kalibeluk, Candiareng dan Rowobelang. Ketua TPT ruas tol Batang-Pemalang Herman Utomo mengakui, pembebasan ruas tol Batang-Pemalang saat ini tertunda. Hal ini disebabkan investor proyek ini belum mau menandatangani

HARSEM/SMNETwoRK/TRiSNo SuHiTo

Teras

Tawangmangu. Dia mendapatkan konfirmasi dari Koordinator Pos SAR Yogyakarta Asbani yang melakukan evakuasi para korban bersama Tim SAR Gabungan dari Yogyakarta dan Bantul. Menurutnya, para pelajar dan warga lainnya itu berlibur di Pantai Parangtritis. Saat asyik bermain bola di pantai, ombak datang sangat besar. Mereka yang berada agak menjorok ke air langsung terbawa ombak ke tengah. Salah seorang wisatawan yang melihat langsung melapor ke Tim Pengamanan Pantai. Setelah mendapatkan laporan, Tim SAR Gabungan langsung bergegas melakukan evakuasi dan penyelamatan. Setelah dilakukan penyisiran enam orang bisa diselamatkan. Sementara untuk korban yang belum diketemukan, warga dari RT 5 RW 9 Dukuh Banjarsari, Kelurahan Tawangmangu, Kecamatan Tawangmangu. Menurut keterangan yang diperoleh Riyanto, kejadian nahas

Kades Pasekaran Amat Rohyi menunjukan patok lahan untuk tol Batang-Pemalang yang kini kelanjutan pembebasan lahannya tidak jelas. perjanjian Badan Layanan Umum (BLU) dengan pemerintah. Dari pihak investor tol Batang-Pemalang juga menghendaki agar investor tol ruas lain yakni Pemalang-Pejagan dan BatangSemarang bisa bersama-sama bekerja dalam pembangunan tol sehinga ketiganya dapat terkoneksi.

. Direktur Keuangan PT PemalangBatang Toll Road Amba menyatakan, pihaknya serius mengerjakan proyek tol Batang-Pemalang. Tapi pihaknya meminta agar investor tol BatangPejagan dan Batang-Semarang juga punya keseriusan serupa.

(H56)

Dua Pembunuh Juragan Warteg Ditangkap SlAWI- Misteri kasus pembunuhan dengan korban seorang juragan warung tegal (warteg), Nanda Eko Saputra (18), warga Desa Sidakaton, Kecamatan Dukuhturi terkuak. Dua tersangka yang merupakan teman korban sendiri ditangkap polisi, kemarin. Korban dibunuh pada Kamis (13/12), sekitar pukul 23.00. Mayat ditemukan warga di Sungai Gung, Desa Sutapranan, Kecamatan Dukuhturi dengan luka bacok pada leher. Sementara motor korban B 64065 TK ditemukan dibuang di Slawi, tepatnya belakang gedung Pemkab Tegal. Kedua tersangka yang ditangkap itu adalah Moh Arif (19), warga Desa Sidokaton, Kecamatan Dukuhturi, dan Muhammad (24), warga Desa Sutapranan, Kecamatan

HARSEM/SMNETwoRK//Dwi ARiADi

KARANGANYAR -Maksud hati ingin berlibur, apa daya celaka yang terjadi. Itulah yang dialami rombongan pelajar dari Dukuh Banjarsari, Kelurahan Tawangmangu, Kecamatan Tawangmangu. Sebanyak tujuh remaja pelajar berbagai sekolah di Tawangmangu terseret ombak Pantai Paranngtritis, Bantul, Yogyakarta. Enam pelajar bisa diselamatkan Tim SAR Gabungan, namun seorang pelajar hilang dan hingga kini belum bisa ditemukan. Mereka yang selamat adalah Sunardi (13), Fajar Faritama (17), Irsa Aditya (13), Medik Bagas Wijanarko (14), Didit Prayoga (15) dan Waras Supriyadi (14). Adapun seorang lainnya, Tri Handoyo alias Nduyut (13), hingga kini masih belum berhasil diketemukan. “Informasinya dia masih tercatat sebagai pelajar kelas 2 SMPN 1 Tawangmangu,” kata AKP Riyanto, Kapolsek

Kapolres AKBP Nelson Pardamean Purba meminta keterangan dua tersangka pembunuhan dengan korban seorang juragan warteg, Nanda (18), warga Sidokaton, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal. Dukuhturi. Pengungkapan kasus tersebut, menurut Kapolres AKBP Nelson Pardamean Purba didampingi

Kasatreskrim AKP Sugeg, berawal ketika petugas melakukan penyelidikan. Berdasarkan keterangan saksi dan bukti-bukti

yang berhasil dihimpun mengarah ke kedua tersangka. ‘’Dan, benar ketika kami sidik kedua tersangka mengakui perbuatannya,’’kata dia, kemarin. Berdasarkan hasil penyidikan, kasus pembunuhan itu sudah direncanakan dua bulan lalu oleh pelaku utama Moh Arif. Sebelum kejadian, korban Nanda diajak minum-minum di pinggir Sungai Gung, Desa Sutapranan. Tak lama kemudian, korban diminta melepas baju. Di lokasi inilah, korban Nanda dibunuh bersama dengan tersangka Muhammad dengan celurit. Setelah korban tidak bernyawa, pelaku mengikat mayat korban dan kemudian membuang ke sungai. Guna menghilangkan jejak, celurit yang digunakan membunuh di buang ke sawah. Motor korban kemudian dibawa

kabur ke arah Slawi dan dibuang di belakang gedung Pemkab. ’’Pikir saya, motor sudah buang ke lokasi yang jauh dari permukiman. Biar tidak ada yang mengetahui,’’ kata nya. Ketika ditanya kenapa tega membunuh korban? Ia mengaku dendam. Selain itu, juga sering diejek oleh korban yang memiliki usaha warteg di Jakarta. ’’Ketika saya di Jakarta juga sering diejek karena hanya menjadi pembantu di warung. Ejekan itu sering diucapkan ketika ketemu saya,’’jawabnya. Inisiatif untuk membunuh baru ia lakukan ketika bertemu dengan temannya Muhamad. ’’Saya ajak dia sambil membawa celurit untuk membunuh Nanda,’’tambahnya. Sementara, Muhamad mengaku ikut membunuh karena ’’solidaritas’’ pertemanan.(G12/SMNetwork/njs)

Karyawan Ditahan Polisi

Warga Demo Bakar Pintu Gerbang PT Tirtamas tEMANGGUNG-Setelah dua hari lalu, puluhan warga Dusun Pikatan, Desa Mudal, Kecamatan Temanggung melakukan aksi demonstrasi di depan PT Tirtamas Lestari, hal serupa kembali dilakukan Rabu (26/12) petang. Puluhan warga Mudal meluapkan amarahnya, mengamuk merobohkan, dan membakar pintu gerbang perusahaan yang berlokasi di Jalan Tentara Genie Pelajar. Pasalnya, pihak perusahaan tidak menindaklanjuti tuntutan warga sebelumnya yang menginginkan adanya pendampingan terhadap Nasikhun (42), sopir perusahaan yang ditahan polisi di Semarang karena kecelakaan kerja. “Kami meminta pertanggungjawaban perusahaan. Katanya teman kami yang ditangkap polisi akan dibebaskan oleh perusahaan. Tapi

Demonstran marah membakar pintu gerbang PT Tirtamas Lestari, Temanggung. HARSEM/SMNETwoRK/RADiTiA YoNi ARiYA

sampai sekarang tidak ada kejelasan. Padahal antara Nasikhun dengan korban sudah ada penyelesian secara kekeluargaan,”kata salah seorang demonstran bernama Sumarno (36). Dikatakan, pada 6 Desember, Nasikhun, karyawan yang juga warga Mudal, bertugas sebagai sopir tengah mengirim barang ke Semarang. Namun, sesampianya di wilayah Tugu dia mengalami kecelakaan dan menyebabkan dua orang meninggal dunia. Polisi lantas menahan Nasikhun berikut barang bukti kendaraan di Satlantas Jalan Ronggolawe, Puri Anjasmoro, Semarang Barat. Warga Mudal, yang melakukan aksi solidaritas terhadap Nasikhun menuntut perusahaan untuk memberikan perhatian kepada karyawannya. Sebab saat kecelakaan dia tengah menjalankan

tugas perusahaan. Namun, warga jengkel karena perusahaan pengelola air minum dalam kemasan itu terkesan tak mempedulikan nasib Nashikun. “Ini murni kecelakaan kerja, tapi PT Tirtamas Lestari sebagai perusahaan tempat Nashikun kerja enggan memberikan bantuan atau pendampingan. Kenyataannya mereka diam saja, teman kami yang ditahan ditengok pun tidak,”kata demonstran lain bernma Wahyudi. Menurutnya, perjanjian damai antara Nasikhun dan keluarga korban, diharuskan membayar denda Rp 15 juta. Pihak manajemen perusahaan setelah didesak oleh warga sekitar mengatakan bersedia membayar tuntutan tersebut. Namun, hingga masa 20 hari penahanan Nasikhun, tidak ada tindak lanjut dari perusahaan.

.(K41/SMNetwork/njs)


Kamis, 27 Desember 2012

HARSEM/DOK

Kilas Balik Panggung Nasional 2012

Jokowi dan Aceng Sama sama Fenomenal Pengantar redaksi: Hiruk pikuk panggung nasional diwarnai berbagai peristiwa yang menakjubkan dan menyesakkan dada. Ada prahara dan tataran yang sulit dijangkau oleh akal sehat. Berikut ini kilas balik tahun 2012 dan analisis wartawan Harian Semarang nurfat Jaka saptana seputar persoalan tersebut, TAK dipungkiri. Tahun 2012 menorehkan peristiwa menakjubkan, tapi juga menyedihkan. Kenapa? Banyak kejadian yang mencuat ke permukaan,tapi di luar jangkauan akal manusia. Sebut saja nama Joko Widodo atau

biasa disebut Jokowi. Figur mantan Walikota Solo itu kini menjadi idola. Siapa yang menduga orang desa itu akhirnya bisa terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta. Awalnya, banyak orang yang sinis. Bahkan memandang sebelah mata. Apa bisa. Apa mungkin orang sipil dari daerah bisa memimpin Ibukota Jakarta yang metropolitan. Masyarakatnya heterogin. Banyak warna warni keanekaragaman budaya, suku, agama, dan bahasa. Apalagi jika dibandingkan dengan Solo yang nota bene penduduknya mayoritas jawa. Ya, Solo memang masih memiliki trah keraton dan kasunanan. Masih mengedepankan sikap priyayi dan andap asor. Bukan

Dalam pemilukada yang berlangsung dua putaran itu Jokowi dikeroyok dan dikepung raksasa parpol, yakni, Partai Demokrat, Partai Golkar, PKS, PPP, PAN dan PKB. Sementara, Jokowi diusung oleh PDIP dan Gerinda. Tapi, apa yang terjadi. Jokowi berhasil menekuk Fauzi Bowo. Memenangkan pemilukada DKI sebagai gubernur. Jokowi memang fenomenal. Kini Jokowi menjadi idola dan inspirasi bagi para calon pemimpin masa depan. Semangatnya sebagaimana pidato Bung Karno dalam class dengan malaysia, seperti manuk (burung) sikatan. Yooo, kopat kapito koyo manuk sikatan, majuo (majulah), saya tidak akan mundur sejengkal pun.

Aceng

Jokowi

Tak kalah fenomenal menutup tahun 2012 kasus Bupati Aceng Fikri. Aceng jadi fenomenal – namun konotasi negatif – dengan menikahi Fany Oktara (18) secara siri hanya empat hari. Kemudian dicerai lewat SMS. Aceng yang kini masih nunggu fatwa dari MA, karena DPRD Garut

melayangkan surat memakzulkan sebagai bupati karena kasus tersebut. Baik, Jokowi maupun Aceng memang sama-sama fenomenal. Tapi keduanya beda posisi. Jokowi fenomenal karena menjadi Gubernur DKI. Sedang Aceng fonomenal karena kasus nikah siri hanya berumur empat hari

(bersambung/njs)

Fantastis! Harta Angie Rp 35 Miliar

Jendela

Indonesia Bertemu SBY, Puan Bantah Ditawari Jadi Menpora

JAKARTA - Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani menyertai Ketua MPR Taufik Kiemas menemui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di istana, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Rabu, (26/12). Berhembus kabar, Puan mendapat tawaran mengisi pos Menpora yang ditinggalkan Andi Mallarangeng. Apa kata Puan atas rumor itu? “Kami dukung kebijakan yang berkaitan dengan rakyat, tapi sampai saat ini kami tetap konsisten bahwa PDIP akan tetap berada di luar pemerintahan,” ujar Puan di Kantor Presiden. Ia menambahkan sikap PDIP untuk tidak masuk ke dalam kabinet sudah menjadi kesepakatan sejak awal. “Kita tunggu sampai 2014 kalau PDIP mau masuk dalam kabinet,” katanya. Puan pun menyatakan dalam pertemuan dengan Presiden SBY di kantornya, tidak ada pembahasan apa pun menyangkut tawaran posisi Menpora. Ia menjelaskan, posisinya hanya sebatas mendampingi Taufik Kiemas, selaku Ketua MPR RI, mengantarkan buku biografinya kepada Presiden SBY. “Pertemuannya memang hanya khusus Pak Taufik mengantarkan bukunya karena Insya Allah pada 31 Desember nanti diluncurkan. Jadi saya di sini mewakili keluarga, mendampingi Pak Taufik yang Ketua MPR,” tuturnya. (viva/njs)

JAKARTA – Fantastis. Harta Angelina Sondakh melonjak drastis sejak menjadi anggota DPR,yakni sebesar Rp 33 miliar. Sedang data terakhir di KPK Rp 35 miliar. Jumlah itu tak semua tercatat di transaksi perbankan.

B

eRdAsARKAn data Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), bukan hanya Angie saja yang memiliki rekening gendut.”Ada anggota DPR yang lebih banyak lagi. Yang jelas, kita kirim ke KPK 18 nama khusus banggar, di luar banggar ada,” kata Kepala PPATK, M Yusuf di kantornya, Jl Juanda no.37, Jakpus, Rabu (26/12). Hal tersebut dia sampaikan saat ditanya kemungkinan ada anggota DPR lain yang memiliki rekening tak wajar seperti Angie. Menurut Yusuf, berkaca pada kasus Angie, perlu dibuat sebuah regulasi khusus untuk mengatur transaksi keuangan, berupa pembatasan uang tunai. “Contoh, kalau ada yang mau beli mobil Rp 1 miliar, uangnya ambil ke bank, bilang

Masuk Gorong-gorong, Jokowi Tercengang

transfer saja, yang diambil paling Rp 50 juta saja. Ini bisa menghemat biaya pencetakan uang, mengimpor bahan baku,” jelasnya. “Ini juga tidak membatasi orang, tetap bisa bertransaksi cuma diatur. Jadi tipislah suap itu,” imbuhnya. Angie sebelum menjadi anggota DPR tahun 2003 melapor kekayaan ke KPK dengan harta sekitar Rp 600 juta. Pada tahun 2010, hartanya melonjak drastis hingga Rp 6 miliar. Data terakhir dari KPK yang terungkap di persidangan, Angie tercatat memiliki harta senilai Rp 35 miliar. (dtk/njs)

HAR

SEM

/DOK

Bongkar Rekening Gendut DPR

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, memantau kondisi gorong-gorong di sekitar Hotel Indonesia, Jalan MH Thamrin. Jokowi mengira gorong-gorong di DKI Jakarta luas, namun kenyataannya berbeda. “Di bayangan saya di bawah jalan-jalan di Jakarta goronggorongnya besar, bisa untuk sepakbola, tapi kenyataannya cuma 60 cm,” kata Jokowi yang mencoba masuk goronggorong, Rabu, (26/12). Dengan diameter gorong- gorong yang hanya berukuran 60 sentimeter, ditambah dengan penumpukkan sedimentasi di dalamnya, wajar bila gorong-gorong tidak mampu menampung jumlah air hujan dengan intensitas yang cukup tinggi. “Kalau hujannya normal masih bisa menampung, tapi kalau kaya kemarin hujannya 120 milimeter tidak mungkin menampung,” ujarnya. Dengan waktu yang cukup singkat dan telah masuk musim peghujan, Jokowi mengakui sulit bila harus memperbesar gorong- gorong yang ada. “Masalahnya kita hanya punya waktu sampai Januari, paling jangka pendeknya dipompa. Tapi saya minta gorong-gorong dijagain,” katanya. Ia sendiri telah memerintahkan kepada kepala Dinas PU untuk memasang pompa di empat lokasi yang rawan terjadi genangan. “Sore ini pasang, semua pompa yg kita punya disebar, di depan kampus Trisakti baru kita perintahkan,” katanya. (dtk/njs)

JAKARTA- Anggota Komisi III DPR Martin Hutabarat mendesak PPATK menelusuri dan mengungkap rekening gendut milik anggota DPR. “Hal ini penting untuk menjaga kehormatan dewan,” katanya di Jakarta, kemarin. Sementara itu, Anggota Badan Kehormatan DPR Alimin Abdullah menilai tak masalah jika ada anggota DPR memiliki rekening gendut. Sepanjang uang

tersebut diperoleh secara halal, tidak melalui korupsi. “Nggak ada masalah rekening gendut, kalau dia memang orang kaya sepanjang enggak melanggar Undang-undang. PPATK juga tidak boleh membongkar orang yang tidak melanggar hukum dong,” kata Alimin. Menurut Alimin, ada anggota DPR yang memang sudah kaya sebelum terpilih menjadi anggota DPR.

Tentu saja mereka juga mempercayai bank sebagai tempat menyimpan uangnya tersebut. Kerahasiaan bank juga harus benar-benar terjaga. “Itu kan ada yang namanya rahasia bank. PPATK kan tidak boleh membongkar rahasia orang, kalau begitu nanti semua orang yang punya duit banyak di bank pada lari ke luar negeri padahal dia nggak bersalah,” katanya. (dtk/njs)

Banyak Pejabat Kemenag Punya Rekening Tak Wajar JAKARTA- Inspektorat Jenderal Kementerian Agama menemukan sejumlah pejabat di Kementerian Agama yang memiliki rekening di luar batas kewajaran atau rekening gendut. Karena itu, Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) diajak untuk memantau lalu lintas uang para pejabat tersebut. Irjen Kemenag M Jasin mengatakan,

Pungli di KUA Rp 1,2 Triliun Per tahun JAKARTA - Pungutan liar (pungli) di Indonesia benar-benar telah menggurita. Bahkan pungli ada di lembaga negara yang bergerak di bidang keagamaan seperti Kantor Urusan Agama (KUA). Jumlahnya tak main-main, mencapai Rp 1,2 triliun per tahun. Inspektur Jenderal Kementerian Agama (Irjen Kemenag) M Jasin mengatakan pungli paling besar yang terjadi di KUA terkait dengan penghulu pernikahan. Banyak pungutan liar yang dilakukan oleh penghulu kepada pihak yang meminta dinikahkan. Ironisnya, pungutan liar itu ditargetkan oleh KUA asal si penghulu. “Kalau di rumah, yang ditugasi penghulu itu dimintai jatah, kamu sekian, kamu segini. Masih relatif tinggi di Jakarta, dan di daerah sudah mulai tinggi. Sudah sampai jutaan,” kata M Jasin di Kantor Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Jalan Juanda No 37, Jakarta Pusat, Rabu (26/12). Jasin berada di PPATK untuk menandatangani MoU kerjasama dengan Kemenag untuk memantau lalu lintas uang pejabat Kemenag yang dianggap memiliki rekening tidak wajar. (dtk/njs)

Cuma itu. Penduduknya Cuma sekitar Rp 1,5 juta jiwa. Membandingkan Solo dan Jakarta memang tak sepadan. Apalagi jika dilihat dari kultur budaya dan keberadapannya. Jelas, Solo kalah jauh. Tak sebanding. Tapi, jangan waksangka negatif dulu. Jokowi merupakan walikota terbaik dan merakyat. Jokowi sukses membawa Solo lebih baik dan mendunia. Jokowi merupakan walikota terbaik dunia. Berbekal kesederhanaan dan kesahajaan itu Jokowi dibawa Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri ke Jakarta untuk ’bertarung’ melawan Fauzi Bowo untuk memperebutkan kursi B-1.

bentuk nyata kerjasama Kemenag dan PPATK akan dituangkan dalam sebuah MoU yang ditandatangani kemarin. PPATK bakal tahu siapa saja pejabat Kemenag yang memiliki rekening mencurigakan. “Penandatanganan MoU-nya pukul 10.00 WIB ini di PPATK,” kata Jasin kepada wartawan, Rabu (26/12). Menurut mantan Wakil Ketua KPK

ini, perjanjian kerjasama dengan PPATK sesuai dengan kesepakatan zona integritas yang wajib dipenuhi Kemenag. Semua program untuk memperbaiki pelayanan dan mencegah korupsi harus dijalankan, termasuk masalah kekayaan pegawai. “Kita bisa memantau arus dana yang masuk di individu Kemenag. Mereka yang menerima arus uang ratusan juta

atau miliaran bisa dipantau,” jelasnya. Saat ini, kata Jasin, ada total 4.474 pegawai di lingkungan Kemenag di seluruh Indonesia. Sebagian dari mereka, ada yang sudah terindikasi memiliki rekening melebihi batas kewajaran. “Banyak itu, banyak orang yang sudah diidentifikasikan,” tegasnya.

(dtk/njs)

Kejagung Segera Eksekusi Delapan Terpidana Mati OK

/D

EM

S AR

H

Basrief Arief

JAKARTA- Kejaksaan Agung (Kejagung) mengaku siap untuk melakukan eksekusi terhadap 8 orang terpidana mati. Jumlah ini kemungkinan masih bisa bertambah karena masih ada tervonis mati lainnya sedang melakukan upaya hukum luar biasa. “Sebanyak 133 masih dalam proses upaya hukum. Baik itu upaya hukum biasa berupa banding maupun upaya hukum

luar biasa berupa peninjauan kembali atau grasi. Oleh karena itu yang sudah inkracht, tidak lebih dari 8 orang. Itu yang akan kita lakukan eksekusi,” kata Jaksa Agung, Basrief Arief, dalam refleksi akhir tahun Kejagung, di Gedung Sasana Pradhana, Kejaksaan Agung, Jakarta, Rabu (26/12). Rincian perkara untuk terpidana mati antara lain kasus narkotika 71 orang, teroris 2 orang, dan kasus pembunuhan 60 orang. Selain itu, Basrief juga menjelaskan, selama 2012, bidang tindak pidana khusus telah menyelesaikan 1.624 perkara dari target 1.455 perkara hingga tahap penyidikan. Penuntutan dari target 1.455 perkara diselesaikan 1.425 perkara.

“Selain itu berhasil diselamatkan uang negara sebesar Rp 198 miliar,” jelas Basrief. Jaksa agung muda bidang tindak pidana khusus (jampidsus), Andi Nirwanto, mengatakan, untuk tahun depan pihaknya tidak memiliki target perkara yang harus disesuaikan dengan anggaran yang ada. Berapa pun biaya yang diperlukan, akan dipenuhi negara. “Sekarang kejaksaan tidak memasang target, sekarang prinsipnya optimal dan berkualitas. Ketika memang ada laporan akan kita tangani secara optimal dan berkualitas. Berapa pun nanti memerlukan biaya, itu akan dibiayai negara. Jadi tidak ada target jumlah perkara,” ujar Andi. (dtk/njs)


Gagal Kamis, 27 Desember 2012

Gisel

Kejutkan Gading HARI raya Natal tahun ini dirasa berbeda oleh penyanyi cantik, Gissela Anastasia. Pasalnya, tahun ini dia dapat merayakan malam Natal bersama sang pujaan hati, Gading Marten.

A

KU seneng banget Natal tahun ini. Kan biasanya aku cuma ngerayain sama Mama, tapi sekarang bisa rame-rame. Misa malam Natal juga aku bareng keluarga Gading,” ujar jebolan Indonesian Idol ini saat ditemui di Studio 6 RCTI Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (26/12). Tidak hanya menjalankan misa bersama Gading dan keluarganya, Gisel pun pamer kekompakan dengan pacarnya itu dengan memakai baju yang sama saat mendatangi rumah keluarga Gisel. “Pas Natal-nya saya sama Gading ke rumah saudara saya. Kami ke sana kompak dengan memakai baju kembaran,” kata Gisel. Ketika ditanya soal kado Natal, Gisel mengaku sebenarnya ingin memberi Gading. Sayangnya, kado kejutan yang sudah dipersiapkannya sudah diketahui kekasihnya itu. “Pas Natal aku gak kasih kado ke Gading. Sebenernya udah nyiapain sih, udah lama banget sebelum Natal. Tapi kado berupa dompet yang aku selipin di jok mobil udah ketauan duluan sama Gading,” pungkas Gisel. (yul)

HARSEM/KPL

Dik Doank

Rawat Makam Nike Ardilla

SELAIN fund rising yang dilakukan Nike Ardilla Fans Comunnity (NAFC) untuk memperingati hari lahir Nike Ardilla 27 Desember, Dik Doank juga memberi sumbangan untuk memperbaiki pompa air mushola makam Nike Ardilla. Menurut cerita Dik Doank, pada suatu ketika, ia didatangi seorang kiai yang sudah tua. Kiai itu berbicara kepada dia seolaholah sudah mengenal lama. Kiai itu memerintahkannya untuk memperbaiki pompa air yang rusak di mushola makam Nike Ardilla. Seperti diketahui, Dik Doank adalah fotografer yang mengambil gambar Nike Ardilla secara profesional sebelum kematiannya pada tahun 1995. Kala itu, oleh produser Nike Ardilla foto tersebut dihargai Rp 250 ribu. Akan tetapi, seminggu kemudian,

ketika kecelakaan merenggut nyawa Nike Ardilla, Dik Doank kemudian dipanggil oleh produser tersebut. Foto hasil jepretannya dihargai Rb 25 juta untuk satu klise. Ada empat rol foto yang ia punya waktu itu. Jika dikalikan Rp 25 juta per klise, Dik Doank tentu saja menjadi orang kaya mendadak karena foto Nike Ardilla. Tiba-tiba pada 2012, pengalaman spiritual itu datang. Kakek yang seperti kiai menyerukan Dik Doank agar memperhatikan makam Nike Ardilla. Setelah pengalaman spiritual tersebut akhirnya Dik Doank menghubungi Tri Lastuti untuk mengadakan acara perbaikan mushola dan makam Nike Ardilla. Kebetulan NAFC selalu mengadakan kegiatan sosial setiap menjelang hari kelahiran Nike Ardilla. (yul)

INBOX

Ratna Galih

Sudah Resmi Menikah? KABAR bahagia datang dari artis Ratna Galih. Kabarnya Ratna kini telah menikah dengan sang kekasih, Shawkani di Bali. Kabar itu berembus saat ada yang memposting foto yang memperlihatkan Ratna tengah mengenakan gaun pengantin berwarna putih. Pasangannya pun juga terlihat menggenakan jas berwarna putih. Selain itu, mantan kekasih Raffi Ahmad itu pun juga mendapat ucapan selamat dari beberapa temannya di akun

Twitter-nya. Ratna juga membalas ucapan terima kasih itu dan meminta doa. “Thnk u.. Doain langgeng sampe tua yeee..,” tulis Ratna membalas ucapan selamat, Rabu (26/12). Namun, sampai saat ini belum ada pihak Ratna yang bisa dikonfirmasi perihal kabar tersebut. Saat mencoba menghubungi Ratna pun belum mendapat jawaban. (yul)

‘Alice In Wonderland’ di E-Plaza Entertainment Plaza menghadirkan agenda khusus di hari Senin (31/12): Menyajikan konsep Alice In Wonderland dalam rangkaian acara New Years Eve 2013, yang akan dimulai pukul 19.00 WIB. “Keempat outlet E-Plaza pun kami set ala Wonderland. Semua server, kru, dan karyawan akan di-dress up menggunakan kostum sesuai tema,” terang Public Relations, Anggita Setia Dara. Rangkaian acara ini akan dibuka dengan penampilan EPDJ di area lobi 7KTV pukul 22.00 WIB. Sedangkan puncak acara akan berlangsung di E-Lounge yang akan dibuka pukul 22.00 WIB. “Seting panggung E-Lounge akan kami buat layaknya kastil dalam cerita-cerita Wondeland. Setiap room di 7KTV akan menyediakan terompet untuk menyemarakkan pesta tahun baru,” tambah Anggita. Ditambahkannya, kemeriahan akan terasa berbeda dari tahun sebelumnya karena E-Cinema akan menayangkan film di jam midnight. “Film akan menyesuaikan dengan jadwal film yang sedang ditayangkan. E-Resto pun masih tetap menyajikan promo Hot Plate Teriyaki Style,” kata Anggita lagi. Mengantisipasi ditutupnya Simpanglima, E-Plaza sudah menyediakan jalur khusus bagi para pengunjung yang ingin menghabiskan malam pergantian tahun di E-Plaza. “Seluruh akses masuk ke E-Plaza dialihkan melalui Mugas ke arah Jalan Pandanaran II, keluar di Jalan Pandanaran belok kanan langsung masuk ke gerbang parkir E-Plaza yang biasanya dijadikan pintu keluar,” papar Anggita. “Kepada tiap pengunjung E-Plaza di hari itu akan diberikan gift voucher hanya dengan membayar Rp 50.000 . Voucher ini juga berfungsi sebagai tanda masuk dan dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran di E-Plaza dengan nilai R. 50.000,” pungkasnya. (yul)

Jl. Telaga Mas Raya 1B-8B, Tanah Mas - Semarang HARSEM/KPL

Telp. 024-3562058 3543077

Email: livekaraoke18b@yahoo.co.id

Hengky Kurniawan

Ajak Anak & Eks Istri Liburan ke Singapura

Hengky da nC anak merek hristy bersama Binta ng, a. Meski be rpisah, tapi memperhat tetap ikan anak.

SETELAH resmi bercerai dengan Christy Jusung, aktor Hengky Kurniawan kini lebih banyak sibuk menjalani kegiatannya dalam bidang politik. Meski demikian, ia mengaku tidak lantas melupakan perannya sebagai ayah dari anak semata wayangnya, Bintang Pratama. Kini, Hengky juga masih sering menjenguk Bintang. “Masih baik, seminggu sekali ketemu,” ucapnya saat ditemui di rumahnya, di Pejaten Barat, Jakarta Selatan, Rabu (26/12). Ia bahkan telah merencanakan liburan bersama anak dan mantan istrinya itu ke Singapura.”Liburan sama Bintang dan Christy. Christy telepon ingin liburan

ke Singapura. Mau ke Universal Studio selama 3 hari,” ujarnya. Hengky mengaku, dialah yang memiliki ide membawa anak dan mantan istrinya berlibur ke Singapura. “Saya yang punya ide, saya ingin ajak pergi. Di Jakarta tempat rekreasi sudah didatangi. Saya juga belum pernah ke sana,” ucap lelaki 30 tahun itu. Pemain film Syahadat Cinta itu menyatakan tak ingin larut dalam kegagalan rumah tangganya. Ia pun selalu menyempatkan diri bertemu dengan anaknya. “Kalau nggak ada kegiatan saya ketemu anak. Saya ajak anak ke mal. Kalau buat saya, semua pasti berlalu, jalanin sajalah. Banyak hikmahnya,” kata Hengky. (yul)

2nd Floor, Thamrin Square, Jl. MH Thamrin No. 5 Semarang 50132 Telp. 024-3584202


HARIAN SEMARANG 27-12-12