Page 1

Pemilih tak Setuju Calon Tunggal Halaman 4 senin, 16 apriL 2018 nomor 1.641 tahun Vi

Rp3.000 (Luar Kota + ongKos Kirim)

Amien Rais Dipolisikan harianjurnalasia

HarianJurnalAsia

jurnalasia.com

Halaman 7

2.000 Warga Marelan Hidup di Garis Kemiskinan Halaman 11

Tempo 5 Menit Gawang PSMS Kebobolan 3 Gol Halaman 23

Pelunasan Biaya Haji Hingga 4 Mei Budget Embarkasi Medan Rp31.840.375

Antara | Ampelsa ACEH BERANGKATKAN 1000 TON BERAS UNTUK SURIAH. Warga menyaksikan pemberangkatan sejumlah truk kontainer bermuatan beras bantuan kemanusiaan untuk Suriah di halaman Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, Minggu (15/4). Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) bekerja sama dengan Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh dan petani Aceh memberangkatkan bantuan kemanusiaan sebanyak 1.000 ton beras yang berhasil dikumpulkan dari hasil panen raya di Aceh untuk dikirim ke Suriah.

Musim Pilkada Berlangsung

Jakarta | Jurnal asia Para calon jamaah haji Indonesia 1439 H/2018 M sudah bisa membayar pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) mulai Senin, 16 April 2018 hingga 4 Mei 2018 di bank yang ditunjuk pemerintah. Bagi calon jamaah haji reguler yang sudah membayar setoran awal sebesar Rp25juta harus menyetor untuk pelunasannya adalah sebesar selisih dana setoran awal dengan BPIH yang telah ditetapkan per embarkasi. (Bersambung ke halaman 11)

DMI: Jangan Bawa Politik ke Masjid Jakarta | Jurnal asia Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Syafruddin meminta masjid tidak digunakan untuk kegiatan politik. Syafruddin mengatakan DMI harusnya menjadi fasilitator masalah yang ada di masjid. “Ya janganlah, politik jangan dibawa ke masjid,” kata Syafruddin dalam acara forum kewirausahaan pemuda Islam di Perpustakaan Nasional, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Minggu (15/4). Syafruddin enggan mengomentari pihakpihak tertentu yang melakukan mobilisasi massa di masjid. Dia hanya berkomentar fungsi DMI adalah fasilitator warga dalam menggunakan masjid. “Pokoknya ya Dewan Masjid jadi fasilitator.

Kita nggak boleh ngatur-atur masjid,” kata pria yang menjabat sebagai Wakapolri ini. Penggunaan tempat ibadah untuk kegiatan kampanye dilarang keras. Hal tersebut termaktub dalam pasal 68 ayat (1) poin j PKPU Nomor 4/2017 tentang kampanye Pilgub, Pilbup, dan Pilwalkot yang berbunyi: Pasal 68: (1) Dalam kampanye dilarang: j. menggunakan tempat ibadah dan tempat pendidikan. Kembangkan perekonomian Selain itu, Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia (DMI) Komjen Syafruddin mendukung pemberdayaan ekonomi di masjid. Syafruddin mengatakan masjid harus digunakan tidak hanya untuk memberdayakan masyarakat. (Bersambung ke halaman 11)

“pokoknya ya Dewan masjid jadi fasilitator. Kita nggak boleh ngaturatur masjid.” Wakil Ketua umum Dmi Komjen syafruddin

Bincang Hangat Ivan Elisabeth Batubara

“Sibuk Bukan Alasan Melupakan Keluarga” medan | Jurnal asia Di tengah kesibukannya menjadi wanita karir, Ivan Elisabeth Batubara sadar bahwa keluarga adalah prioritas utama dalam hidupnya. Sebanyak apapun harta yang dicari dan sesibuk apapun waktu yang dihabiskan, semuanya akan berakhir dan kembali ke keluarga kecil. Rektor Universitas Sari Mutiara ini mengaku, tak mudah membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga. Namun, sebagai ibu dari tiga anak ini, ia yakin dengan sedikit waktu yang diluangkan untuk anak-anak dan diisi dengan kegiatan bermanfaat dan berkesan, hal tersebut tetap “menghangatkan” keharmonisan keluarga. “Sebagai ibu yang bekerja, bagi saya

keluarga tetap nomor satu. Ada satu kebiasaan yang masih kami lakukan sampai saat ini yakni nonton bioskop dan setelahnya membahas film tersebut. Saya pikir cara seperti ini sangat efektif untuk mempererat hubungan,” katanya kepada Jurnal Asia, Minggu (15/4). Selain meluangkan waktu khusus, katanya, hal penting lainnya untuk menjaga keutuhan keluarga adalah saling mengerti dengan komunikasi yang baik. Jika komunikasi berjalan lancar maka tidak ada rahasia antara anak dengan orang tua dalam arti anak dapat berbicara terus terang tentang apa yang dialami dan mengeluarkan pendapat tanpa rasa takut. (Bersambung ke halaman 11)

Rektor Universitas Sari Mutiara Ivan Elisabeth Batubara

Antara | Asep Fathulrahman Petugas Dinas Kesehatan memeriksa kesehatan calon Jemaah Haji 2018. Para calon jamaah haji Indonesia sudah bisa melunasi BPIH mulai Senin, 16 April 2018 hingga 4 Mei 2018 di bank yang ditunjuk pemerintah.

Sosialisasi Tahapan Pilgubsu

KPU Sumut Buka Pendataran Duta Netizen medan | Jurnal asia Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) memperpanjang jadwal pendaftaran Duta Netizen hingga tanggal 21 April mendatang. Duta netizen ini nantinya bersama KPU mensosialisasikan kepada warganet maupun masyarakat luas mengenai tahapan Pilgubsu. Awalnya, pendaftaran Duta Netizen dimulai dari tanggal 4 April hingga 11 April 2018. Namun, seiring dengan banyaknya penduduk Sumut yang berusia di antara 17 hingga 30 tahun meningkat, KPU Sumut memutuskan untuk memperpanjang masa pendaftaran. Tujuannya agar beberapa orang yang sebelumnya tidak bisa mendaftar karena terlambat mengetahui informasi, bisa turut serta. (Bersambung ke halaman 11)


2

Senin 16 April 2018

MEDAN

Ustazd Somad di UISU

Indonesia Perlu Pemimpin Muda Cerdas dan Beriman Medan | Jurnal Asia Ustadz Abdul Somad LC MA menyatakan, Indonesia perlu sosok pemimpin muda cerdas, religious dan visioner untuk menghantarkan bangsa ini menjadi kuat dan bermartabat di mata dunia. “Demikian juga Sumut butuh sosok pemimpin muda yang mampu membangkitkan semangat juang rakyatnya untuk membangun peradaban,” kata Ustazd Somad pada kegiatan tabligh akbar dalam rangka syukuran UISU memperoleh peringkat I Perguruan Tinggi Swasta di Sumut, akhir pekana kemarin di kampus tersebut Jalan SM Raja Medan. Ustad Somad juga menyatakan rasa optimisnya bahwa Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) mampu melahirkan pemimpin muda masa depan yang beriman untuk bangsa dan negara Republik Indonesia. “Kalau mau mendapatkan generasi muda yang baik dan beriman, maka masukkanlah anak-anak kita kuliah ke UISU,” kata Ustazd

Somad. Sekitar 5.000-an jamaah yang terdiri dari mahasiswa, ibu-ibu pengajian dan masyarakat dari berbagai daerah hadir dalam kegiatan itu. Sedangkan dari UISU hadir Rektor UISU Prof Dr Mhd Asaad MSi, Ketua Umum Yayasan Prof Dr Zainuddin MPd, Ketua Pembina Raja Muda, Ketua Umum DPP IKA UISU, Musa Rajeksha. Selain itu juga hadir seluruh pimpinan Universitas, Lembaga, Fakultas dan Program Studi di lingkungan UISU. Menurut Somad, berbicara Indonesia ke depan, maka negeri ini perlu menghadirkan kembali pemimpin berusia muda yang cerdas untuk membawa bangsa ini kepada kemajuan, menuju suatu peradaban gemilang, mengangkat citra, harkat dan martabat di mata dunia. “Indonesia sangat kaya dengan sumber daya alam, tetapi sampai saat ini penduduknya belum sejahtera. Karena itu diperlukan generasi muda yang cerdas yang mampu mengelola sumber daya alam

tersebut. Hendaklah kita memilih pemimpin yang peduli akan Islam,” kata Ustazd Somad. Dalam ceramahnya, Ustadz Abdul Somad menyampaikan lima hal yang harus dimiliki generasi rabbani, yakni harus memiliki akidah yang kokoh, akhlak yang baik, istiqomah dalam beribada, bekerja sama dan mandiri. “Dengan lima hal ini, Insya Allah akan lahir generasi rabbani yang kedepannya akan menjadi pemimpin yang selalu membela agamanya dan mencintai para ulama,” terang dai asal Riau tersebut. “Kalau mencari pemimpin haruis yang masih muda, namun bukan berarti yang tua ditinggalkan. Yang tua tentu lebih banyak makan asam garamnya,” kata Ustazd Somat di hadapan ribuan jamaah Menurut Somad, ada lima kriteria dalam mencari pemimpin yang harus diperhatikan. Pertama seorang pemimpinan itu harus memiliki iman yang kuat, kedua memiliki akidah yang baik. Ketiga ibadah yang mantap, keempat memiliki akhlak yang baik, dan kelima tidak sombong. (swisma/rol)

PENGUMUMAN Dengan ini diumumkan bahwa PT.TRINITY CEMERLANG ABADI berkedudukan di Medan telah dibubarkan berdasarkan akta Berita Acara tertanggal 10 April 2018 Nomor 9 yang dibuat dihadapan Lili Suryati, SH Notaris di Medan. Bagi pihak-pihak yang mempunyai kepentingan terhadap Perseroan dapat menghubungi Kantor Perseroan dalam waktu 2 (dua) minggu sejak tanggal hari ini. Hormat kami Dto PT.TRINITY CEMERLANG ABADI

NOMOR TELEPON PENTING KOTA MEDAN Nama

Jurnal Asia | Ist

CINDERAMATA. Rektor UISU Prof Mhd Asaad menerima cinderamata dari Ustadz Abdul Somad, Lc.MA sebelum memberikan ceramah di Kampus UISU, Jalan SM Raja Medan.

Perayaan Isra Miraj

Momentum Membendung Pengaruh Negatif di Kalangan Remaja Medan | Jurnal Asia Kelompok muda-mudi yang tergabung dalam Remaja Mesjid Silatuhrahmi gelar Isra Miraj 1439 H di Mesjid Silatuhrahmi Jalan Pahlawan Gang Lumumba Medan, Sabtu (14/4) malam. Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) ini merupakan program rutin dengan tujuan membendung pengaruh negatif di kalangan remaja. “Momentum peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW diharapkan mampu membendung dan memerangi berbagai pengaruh negatif yang dapat memecah persatuan bangsa, khususnya di kalangan remaja. Apalagi kehidupan remaja saat ini sungguh memprihatinkan karena penyalahgunaan narkoba disebabkan mereka kurang memiliki ilmu agama,” ujar Sekretaris Mesjid Silatuhrahmi, Dody Syahputra Lubis usia peringatan Isra Miraj Dody menuturkan, keteladanan Nabi Muhammad ini harus kita jadikan pegangan dalam memelihara pergaulan antarumat manusia di lingkungannya masing-masing. Peringatan Isra Miraj ini harus menjadi bahan introspeksi bagi kita sebagai umat Islam. Pasalnya, saat peristiwa Isra Miraj Nabi Muhammad SAW mendapatkan perintah dari Allah SWT agar umatnya melaksanakan kewajiban

sholat sebanyak 50 sehari semalam. Ia menjelaskan, hal ini tentunya membuat berat umat Islam. Akhirnya dari peringatan Isra Miraj turun perintah kepada umat Nabi Muhammad SAW untuk melaksanakan kewajiban sholat 5 waktu sehari semalam. Namun, kenyataan saat ini keringanan yang diberikan Allah SAW untuk melaksanakan sholat wajib masih banyak ditinggalkan umat Islam. “Tanpa kita sadari jika melaksanakan sholat lima waktu akan membuat kita terhindar dari perbuatan mungkar. Selain itu akan menambah keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT serta membuat kita tetap sabar dan tabah dalam menjalani kehidupan sehari-hari,” pungkasnya. Sementara itu, Ketua Panitia Adrial mengatakan, pada peringatan Isra Miraj tahun disemarakkan dengan lomba busana muslim, lomba azan dan lomba pembacaan ayat pendek. Diluar dugaan peserta sangat antusias mengikuti lomba sebanyak 105 peserta. “Perlombaan ini digelar selama tiga hari mulai Rabu (11/4) hingga Jumat (13/4). Untuk ke depannya kami akan membuat perlombaan lebih besar lagi dari tahun ini. Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk syiar Islam,” tutupnya. (bambang nl/rol)

Telepon

Ambulance 118, ( +62 61) 453 5981 Badan SAR Nasional ( +62 61) 4565777 Departemen Pertahanan & Keamanan ( +62 61) 4557432 Informasi Gangguan PLN cabang Medan 123 Informasi Pelayanan Jasa Pos ( +62 61) 4568940 Kantor PT.PLN (Persero) ( +62 61} 6615155 Perusahaan Daerah Kebersihan ( +62 61) 8452022/ 845899 Pemadam Kebakaran Kota Medan +6261-4515356 Pengadilan Negeri Medan ( +62 61) 4515847 Pengadilan Tinggi Medan ( +62 61) 4538659 Kapoltabes Medan Sumatra ( +62 61) 4520794 Waka Kapoltabes Medan Sumatra ( +62 61) 4521607 Poltabes Medan ( +62 61) 4520971 Polsekta Medan Kota ( +62 61) 4556732 Polsekta Medan Teladan ( +62 61) 7366770 Polsekta Medan Timur ( +62 61) 4534856 Polsekta Medan Barat (+62 61) 6614776 Polsekta Medan Baru (+62 61) 4523141 Polsekta Sunggal ( +62 61) 8459110 Polsekta Belawan ( +62 61) 6941110 Polsekta Percut Sei Tuan ( +62 61) 7369110 Polsekta Labuhan Deli ( +62 61) 6851001/6851536 Polsekta Delitua ( +62 61) 7030378 Tim Pemburu Preman +628137667983 Pengaduan Gangguan Air (PDAM Tirtanadi) ( +62 61) 4512555 Palang Merah Indonesia cabang Medan ( +62 61) 4530198 Stasiun Kereta Api Medan ( +62 61) 4514114


Senin 16 April 2018

MEDAN

Guru Harus Diproteksi Medan | Jurnal Asia Wakil Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi mengatakan, para guru harus diproteksi sehingga kasus yang menimpa Ahmad Budi Cahyo tidak terulang kembali dalam dunia pendidikan di Indonesia. Dengan proteksi yang dilakukan diharapkan para guru akan merasa lebih aman dan nyaman dalam mengabdikan dirinya untuk mendidik anak didiknya menjadi murid yang cerdas serta terampil. Ungkapan ini disampaikan Wakil Walikota ketika menghadiri Peluncuran Buku Antologi Puisi berjudul “Sendja Djiwa Pak Budi” di Taman Budaya Jalan Perintis Kemerdekaan, Sabtu (14/4). Peluncuran buku ini dilakukan dalam rangka penggalangan dana yang hasil penjualan buku nantinya akan disumbangkan kepada keluarga almarhum Ahmad Budi Cahyo, guru Kesenian SMAN 1 Torju, Kabupaten Sampang, Jawa Timur yang tewas dianiya siswanya beberapa waktu lalu. Dikatakan Wakil Walikota, peristiwa yang menimpa Ahmad Budi Cahyo merupakan tragedi yang luar biasa dan sangat mengejutkan dunia pendidikan di Tanah Air. Digaris bawahinya, sehebat apapun peserta didik namun dia harus selalu hormat dengan gurunya. Sebab, jika seseorang telah mengabdikan hidupnya sebagai guru tentunya akan berupaya

sekuat tenaga mendidik anak didiknya untuk menjadi lebih baik. Guna mengantisipasi kasus seperti itu tak terulang kembali, Wakil Walikota berharap agar para guru diproteksi dalam sistem pendidikan di Indonesia. “Saya maupun kita semua yang hadir dalam acara ini tentunya tidak menginginkan kejadian yang menimpa Pak Budi kembali. Untuk itulah saya berharap agar guru harus diproteksi dn dilindungi,” kata Wakil Walikota. Mantan anggota DPRD Medan itu selanjutnya sangat mengapresiasi digelarnya acara

peluncuran antologi puisi tersebut. Dimana di dalamnya berisikan puisi mengenai suara hari para penyair mengenai nasib tragis yang menimpa Ahmad Budi Cahyo dan dibukukan oleh Sanggar Budaya Generasi. “Buku antologis puisi yang diluncurkan Sanggar Generasi Budaya merupakan sebuah hasil kreatifitas sekaligus memperkaya literasi di Kota Medan. Semoga peluncuran buku ini semakin menginspirasi yang lainnya untuk berkreasi, sebab anak-anak Medan sangat kreatif dan kaya dengan ide-ide cerdas,” ungkapnya. (put/rol)

Jurnal Asia | Ist

PELUNCURAN BUKU. Wakil Walikota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi saat menghadiri Peluncuran Buku Antologi Puisi berjudul “Sendja Djiwa Pak Budi” di Taman Budaya Jalan Perintis Kemerdekaan, Sabtu (14/4).

Polda Sumut Gelar Rakernis Fungsi Ditpamobvit TA 2018 Medan | Jurnal Asia Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw memberikan arahan dalam rakernis fungsi Pamobvit TA 2018 bertempat di ruang Karo lantai V Hotel Soechi International Medan Jalan Cirebon. Kegiatan ini dihadiri Wakapolda Sumut Brigjen Pol Drs Agus Andrianto SH, Irwasda Polda Sumut, para Pejabat Utama Polda Sumut, serta personil Dit Pamobvit dan jajaran. Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Sumut mengucapkan terimakasih kepada seluruh personil Pamobvit yang telah melaksanakan tugas dengan baik dalam mengamankan objek-objek vital di wilayah Sumatera Utara. Melalui kegiatan ini, diharapkan para peserta dapat mengambil pelajaran dari pelaksanaan fungsi rakernis ini dalam

rangka evaluasi kerja Pamobvit Sumut dan peningkatan pelayanan publik khususnya dalam hal pengamanan objek vital. Selain itu, ini para peserta diharapkan dapat menuangkan pikiran, inovasi dan usulan dalam peningkatan kinerja pengamanan tempat wisata, objek vital nasional guna menindaklanjuti rakernis fungsi Pamobvit yang telah dilaksanakan bulan Februari lalu di Mabes Polri. Dalam rakernis ini peserta harus proaktif dalam mewujudkan keamanan yang produktif khususnya Pamobvit dalam mengamankan pelaksanaan Pilkada dimana ada 9 pemilihan di wilayah Sumut yang perlu diamankan. Melalui rakernis ini juga peserta dapat mengetahui SOP pada saat Pilkada nanti sehingga pelaksanaan Pilkada dapat

berjalan lancar dan objek vital yang sering menjadi objek sasaran saat demonstrasi dapat diamankan sehingga terhindar dari pengrusakan guna mewujudkan polri yang PROMOTER. Kapolda Sumut mengatakan, Sumut merupakan barometer keamanan di Indonesia yang memiliki masyarakat heterogen namun wilayah tetap aman dan kondusif. “Oleh karena itu mari bersama-sama tetap jaga wilayah Sumut serta tingkatkan profesionalitas Polri menuju keunggulan,” jelas Kapolda Sumut. Dikatakan, peran Dit Pamobvit sangat penting dalam mensukseskan berbagai agenda terutama dalam pelaksanaan Ops Mantap Praja guna menyukseskan Pilkada 2018. (ial/ril)

Unimed Tampung 2.300 Mahasiswa Jalur SBMPTN Medan | Jurnal Asia Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2018 telah dibuka secara online sejak 5 April hingga 27 April 2018. Universitas Negeri Medan (Unimed) kembali dipercaya sebagai Panitia Lokal (Panlok) 14 Medan untuk melakukan penerimaan mahasiswa jalur SBMPTN 2018. “Daya tampung penerimaan mahasiswa baru Unimed untuk jalur SBMPTN 2018 ini sebanyak 2.300 orang,” kata Kepala Humas Unimed, Muhammad Surip di Medan, akhir pekan kemarin. Diungkapkannya, sejak dibuka

pendaftaran SBMPTN Unimed per tanggal 11 April 2018 calon mahasiswa yang mendaftar untuk Saintek sebanyak 1.200 orang, Soshum 1.169 orang dan Campuran 757 orang. Total pendaftar saat ini sebanyak 3.126 orang. Dijelaskannya, SBMPTN 2017, dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2016, 2017 dan 2018 dari pendidikan menengah (SMA/ SMK/MA) atau yang sederajat, termasuk paket C. Surip menambahkan, bentuk seleksi ini berdasarkan hasil ujian tertulis yang terdiri dari Paper Based Testing (PBT) dan Computer Based Testing (CBT). Untuk pendaftarannya secara online melalui laman http://sbmptn.ac.id. Untuk biaya pendaftarannya baik

kelompok Saintek (Sains dan Teknologi), Soshum (Sosial dan Humaniora maupun Campuran dikenakan biaya Rp200 ribu. “Sebelumnya, kelompok ujian yang dipilih IPA, IPS maupun Campuran dikenakan biaya yang bervariatif. Namun, pada tahun ini diseragamkan dengan biaya Rp200 ribu,” ujarnya. Surip menyebutkan, pelaksanaan ujian SBMPTN ada dua jenis, yakni ujian tertulis dan ujian keterampilan. Ujian tertulis berlangsung pada 8 Mei 2018 dengan dua sistem, yaitu Paper Based Testing (PBT) dan Computer Based Testing (CBT). Sementara ujian keterampilan dilaksanakan 9 – 11 Mei 2018. Pengumuman SBMPTN pada 3 Juli 2018. (swisma/rol)

Kebahagiaan Memberi “Ya, kita dapat melihat hasil nyata dari kedermawanan. Pemberi, si dermawan, akan dicintai dan disayangi oleh banyak orang. Inilah hasil yang nyata dari kedermawanan. Mereka yang bijaksana dan baik, meneladaninya. Inilah hasil yang nyata dari kedermawanan. Nama harumnya akan menyebar kemana-mana. Ini juga adalah hasil yang nyata dari kedermawanan. Juga, kemana pun dia bergabung, akan dihargai; diterima dengan rasa aman dan tanpa kesulitan oleh para Brahmana, para perumah tangga atau pun yang hidup menyepi. Inilah hasil yang nyata dari pemberian. Dan pada akhirnya, si pemberi, si dermawan, setelah kematiannya akan terlahir di alam surga. Inilah hasil nyata yang terlihat kemudian” Anguttara Nikaya III: 38. Siapa bilang, kalau kaya pasti bahagia. terbukti, banyak orang kaya yang hidupnya stress, depressi dan bahkan bunuh diri. Siapa bilang dapat pasangan hidup yang rupawan (cantik/ganteng) pasti bahagia. kenyataannnya, banyak dijumpai pasangan yang rupawan, hidupnya morat marit (bertengkar terus menerus) dan akhirnya bubar (cerai). Siapa bilang titel yang lengkap plus jabatan yang luar biasa, pasti akan bahagia. realitanya, banyak dijumpai orang-orang yang bertitel dengan kekuasaan yang luar biasa, hidupnya hambar, cemas, takut, dll karena salah memanfaatkan kelebihan yang telah dimiliki, mis. : korupsi, manipulasi, dll. Secara tradisional di dalam agama Buddha dikenal Amisa Dana (pemberian dalam bentuk barang materi). Termasuk disini pemberian makanan, pakaian, uang dan barangbarang lain yang dapat berguna bagi orang lain. Sang Buddha mengajak kita untuk melihat nilai-nilai yang terkandung dalam setiap pemberian dan mempertimbangkan dampak pemberian pada yang menerimanya. Dengan demikian, akan terlihat bahwa pemberian, walau sekadar materi, akan sangat berharga, baik pada pemberi juga pada penerima. Sebagai contoh, bila kita memberi obat pada seorang, maka kita tidak hanya sekadar memberinya kumpulan bahan kimia (yang bernama obat), tapi kita telah pula memberi kesehatan dan kebahagiaan, malah kita mungkin telah pula memberi hidup. Dalam hal pemberian makanan Sang Buddha bersabda : “Sewaktu memberi makanan, si pemberi telah pula memberi 5 hal. Apa yang 5 itu ? Dia memberi hidup, kecantikan, kebahagiaan, kekuatan dan akal budi. Dalam pemberian itu, si pemberi telah mengambil bagian pula dalam hidup, kecantikan, kebahagiaan, kekuatan dan akal budi, saat ini maupun saat akan datang”. Anguttara Nikaya II: 61. Kunci kebahagiaan itu, tidak terletak pada kekayaan, kerupawanan, kejeniusan, kekuasaan, dll...tetapi adanya rasa syukur dan berterima kasih atas apapun yang telah dimiliki dan bisa didanakan atau diberikan kepada siapapun yang membutuhkannya. Kelebihan yang telah dimiliki, bukanlah untuk dilekati tetapi haruslah bisa dibagikan atau diberikan kepada siapapun yang membutuhkannya. Dengan adanya keyakinan ini (memberi), maka selain akan terbebas dari kemelekatan, kita juga tidak akan kekurangan sandang pangan. Tanpa adanya kemampuan dan kemauan melepas atau memberi, maka yang namanya kebahagiaan, tidak akan pernah bisa dirasakan. Kita dapat menyampaikan pesan, agar seorang suka berdana dengan berbagai cara dan motivasi, karena tidak semua orang memiliki semangat menolong dan cinta kasih yang diharapkan mendorongnya berdana. Mengacu pada orang yang mengembangkan kedermawaan, Paramitasamasa menjelaskan, sebagai berikut: “Pemberi; tidak berfoya-foya, yang adalah racun; tidak mencelakakan orang lain; tidak takut dan tidak malu; dan tidak mencari-cari mereka yang dianggapnya pantas untuk menerima. Dia tidak memberi sesuatu yang perlu bila yang lainnya masih baik, atau dengan memandang rendah berpikir : “Mereka tidak pantas untuk ditawari,” dia juga tidak menurunkan nilai pemberiannya dengan mengharapkan balasan, dia juga tidak memberi tanpa ketulusan atau keraguan. Bila memberi pada orang bijaksana, dia tidak merasa bangga berlebihan; bila memberi pada orang biasa, dia tidak merasa terhina. Dia memberi dengan rela, tidak akan memandang tinggi dirinya juga tidak memandang rendah yang lainnya. Dia tidak memberi dengan maksud yang tidak baik; dia tidak memberi tanpa cita – cita mulia. Dia tidak memberi dengan kemarahan, juga tidak menyesali apa yang telah dia berikan. Dia tidak memberi banyak bila dipuji atau sedikit bila tidak dipuji. Dia tidak memberi sesuatu yang merugikan atau menimbulkan perilaku tercela”. Paramitasamasa I : 36 – 40. Sabbe satta sabba dukkha pamuccantu – sabbe satta bhavantu sukhitata : Semoga semua makhluk terbebaskan dari derita dan semoga semuanya senantiasa berbahagia, sadhu,.. sadhu,..sadhu.

3


4

Senin 16 April 2018

pentas pilkada

pemilih tak setuju Calon tunggal Gatot Cawapres Favorit, TGB Paling Religius Jakarta | Jurnal Asia Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) mendapati masyarakat tak setuju dengan fenomena kotak kosong dalam pemilu, termasuk pemilu presiden. Pendiri Lembaga Survei KedaiKOPI, Hendri Satrio menjelaskan, KedaiKOPI sempat mengadakan survei pemetaan pendapat publik soal calon kotak kosong atau jika calon presiden hanya ada satu tanpa pesaing. Hasilnya, sebanyak 62,9 persen responden tidak setuju jika pada pemilu presiden nanti hanya ada calon tunggal. ‘’Kotak kosong (52 persen) akan menjadi lawan terkuat Jokowi pada Pemilu 2019. Ini merupakan imbas ketidaksetujuan publik terhadap fenomena kotak kosong,’’ ujar Hendri melalui keterangan tertulis, Sabtu (14/4). Masyarakat juga menilai fenomena partai yang tidak mencalonkan presiden tapi malah ramai-ramai mengusulkan nama wakil presiden terjadi karena beberapa hal. Alasannya antara lain tidak berani berkompetisi dengan Jokowi (22,0 persen), gagal melakukan kaderisasi (18,7 persen) dan karena kurang berpengalaman (16,7 persen). Selain itu, KedaiKOPI juga menggelar

survei elektabilitas sejumlah nama calon presiden dan wakil presiden. Joko Widodo masih dominan (48,3 persen) saat disandingkan dengan sejumlah nama antara lain Prabowo Subianto (21,5 persen) dan Gatot Nurmantyo (2,1 persen). Sementara elektabilitas TGH Zainul Majdi (Tuan Guru Bajang atau TGB), Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yu d h o y o n o ( A H Y ) s a m a - s a m a mendapatkan 1,1 persen suara. ‘’Jadi, jika Jokowi rematch hari ini menghadapi Prabowo, maka Jokowi tetap lebih unggul,’’ ungkap Hendri. Pada pertanyaan terbuka Jokowi juga berada pada posisi teratas top of mind masyarakat sebagai calon presiden (35,1 persen), diikuti Prabowo di posisi berikutnya 12,0 persen, Gatot Nurmantyo (1,1 persen), AHY (0,7 persen), TGB (0,5 persen) dan SBY (0,5 persen). Nama-nama lainnya seperti Hari Tanoe, Anies Baswedan dan Edy Rahmayadi tak sampai 0,5 persen. Kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Jokowi juga masih tinggi. Sampai saat ini, 66,5 persen responden mengaku puas pada pemerintahan Jokowi terutama pada bidang kesehatan, infrastruktur,

pendidikan dan hubungan luar negeri. Sebanyak 33,5 persen sisanya menyatakan tidak puas. Gatot Cawapres Favorit, TGB Paling Religius Mantan panglima TNI Gatot Nurmantyo menjadi favorit cawapres 2019. Sementara TGB Zainul Majdi dinilai sebagai cawapres paling religius. Hal ini merupakan hasil survei yang dilakukan KedaiKOPI. Survei ini dilakukan terhadap 1.135 responden di 34 propinsi dengan Margin of Error (MoE) +/- 2,97 % pada interval kepercayaan 95,0%. Direktur Lembaga Survei KedaiKOPI, Vivi Zabkie mengatakan, untuk posisi Wakil Presiden, Gatot Nurmantyo menjadi favorit. Saat ditanya, diantara nama-nama berikut siapakah yang akan Anda pilih menjadi Wakil Presiden Indonesia mendatang, hasilnya publik memilih Gatot Nurmantyo (17,5%). Lalu diikuti Agus Harimurti Yudhoyono (8,7%), Anies Baswedan (8,6%), TGB Zainul Majdi (6,2%), Abraham Samad (4,1%), Tito Karnavian (3,9%), Muhaimin Iskandar (1,7%), Rizal Ramli (1,1%) dan nama nama lainnya. Saat publik diajukan pertanyaan terbuka, bila pemilihan presiden dilakukan hari ini, siapa yang akan

anda pilih sebagai Wakil Presiden? 4,6% responden menyebut nama Gatot Nurmantyo. Nama lain yang menempati //top of mind publik sebagai calon wakil presiden adalah TGB Zainul Majdi (4,4%) dan Agus Harimurti Yudhoyono (4,3%). “Ini adalah tiga nama teratas yang dipikirkan masyarakat sebagai calon walaupun sebagian besar masyarakat belum memutuskan soal calon wakil presiden ini (53,5%),” jelas Vivi. Lewat survei ini masyarakat setuju jika presiden setidaknya memiliki 5 karakter ini; kompeten, jujur dan dapat dipercaya, perhatian terhadap rakyat, santun dan religius. “Dengan melihat karakter ini ada sejumlah nama yang dianggap mewakili, selain Jokowi, Prabowo dan Gatot, maka TGB Zainul Majdi masuk dalam kriteria ini,” tambah Vivi. Rata-rata dari 5 karakter itu, Jokowi selalu menempati rangking pertama kecuali, kriteria religius yang predikatnya diberikan publik kepada Gubernur NTB TGB Zainul Majdi. “Publik berpendapat TGB Zainul Majdi sebagai pemimpin yang paling religius mengungguli Jokowi, Gatot, Prabowo, Abraham Samad, Agus

Harimurti dan lainnya,” jelas Vivi. Pada elektabilitas partai politik, PDI Perjuangan memperoleh 20,1% ketika responden ditanya partai politik apa yang akan mereka pilih pada pemilu legislatif 2019 nanti. Diikuti Gerindra (9,5%), Partai Golkar (6,9%), Partai Demokrat (4,6%), PKB (4,6%), PKS (3,9%), PPP (3,6%), Partai Nasdem (3,5%), PAN (3,4%), Partai Perindo (3,3%), Partai Hanura (2,3%), PBB (0,2%). Sementara 3 partai baru berada urutan terbawah dengan hanya Partai Garuda mendapat suara (0,2%) dan PSI dan Partai Berkarya 0%. Alasan pemilihan partai-partai ini utamanya berdasarkan program partai, tokoh/ kader yang disukai serta ideologi/latar belakang partai. Pemimpin Informal Survei yang dilakukan di 34 propinsi pada 19-27 Maret 2018 ini juga memetakan pemimpin informal di masyarakat dan sejumlah isu keagamaan. Responden menyebut Rizieq Shihab sebagai pemimpin umat Islam bersama dengan Abdullah Gymnastiar, Ustad Abdul Somad dan TGB Zainul Majdi. (rep/rol)

Kader PKS Diminta Bantu Raih Suara di Pilkada 2018

Jurnal Asia | Ist TABLIGH AKBAR. Calon Gubsu Edy Rahmayadi saat memberikan sambutan pada Tabligh Akbar Isra Miraj 1439 H di Gedung Olahraga, Jalan Akasia Kisaran, Asahan.

Edy Didoakan Jadi Gubsu

PW Muslimat Al-Washliyah Gelar Tabligh Akbar Asahan | Jurnal Asia Menyambut Bulan Suci Ramadhan, Pimpinan Wilayah (PW) Muslimat Al-Washliyah Sumut mengadakan Tabligh Akbar Isra Miraj 1439 H, akhir pekan kemarin di Gedung Olahraga, Jalan Akasia Kisaran, Asahan. Hadir pada acara itu calon Gubernur Sumut Edy Rahmayadi didampingi istri, Nawal Lubis Dalam kesempatan tersebut, para bunda Muslimat Al-Washliyah mendoakan Edy Rahmayadi menjadi Gubernur Sumut Periode 2018-2023 bersama pasangannya, calon Wakil Gubernur Musa Rajekshah. “Kami mengharapkan kepada calon gubernur saat memimpin nanti, tolonglah, kaum muslimin dan muslimat ini diberi nilai tinggi. Karena selama ini begitu banyak yang melecehkan agama Islam. Kita umat Islam harus bergerak lebih maju lagi ke depan. Kami doakan

bapak menang,” ujar Ketua Pengurus Daerah Muslimat Al- Washliyah Asahan Siti Akbari Hadir juga dalam kegiatan itu PW Muslimat Al-Washliyah tersebut di antaranya Ketua Pengurus Daerah Al-Washliyah Asahan Adlan Lubis, Ketua DPRD Asahan sekaligus Ketua Golkar Asahan Benteng Panjaitan, Ketua Hanura Asahan, Warisno, Ketua Pengurus Wilayah Muslimat Al Washliyah Sumut Nurliati Ahmad, dan Ustad Azhar Sitompul yang berkesempatan memberi tausyiah. Dukungan yang sama juga disampaikan Ketua Pengurus Daerah Al- Washliyah Asahan Adlan Lubis. “Mudah-mudahan Allah memberikan kekuatan agar Pak Edy jadi gubernur yang akan datang,” katanya. Adlan pun mengapresiasi tabligh akbar yang menjadi agenda bulan PW Muslimat

Al-Washliyah. Sebagai salah satu pilar rumah tangga, Muslimat diharapkan dapat menjadi pemersatu dan perekat bangsa. umat Islam tidak hanya bersatu dalam sholat, tapi juga dalam ekonomi dan politik. Sementara itu, Edy Rahmayadi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terlaksananya kegiatan Tabligh Akbar PW Muslimat Al-Washliyah yang digelar di Kabupaten Asahan. Sebagai salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia Edy pun berharap Al-Washliyah memberikan warna untuk mewujudkan pembangunan umat di Sumatera Utara khususnya dan di Indonesia pada umumnya. “Saya berharap Al-Washliyah harus menjadi perekat umat Islam dan jadi motor penggerak bagi kesejahteraan umat bukan malah terpecah belah,” pungkas Edy. (swisma/ril/rol)

Jakarta | Jurnal Asia Presiden PKS Sohibul Iman meminta kader dan simpatisan PKS ikut menyukseskan gelaran Pilkada Serentak 2018. Sohibul ingin agar PKS mendulang suara tinggi seperti saat Pilkada DKI tahun lalu. “Saya meminta kepada antum semuanya yang sudah melaksanakan pilkada 2017, 2018 ini tolong antum siapkan untuk membantu pilkada-pilkada di daerah yang lain sebagaimana mereka juga membantu antum kemarin pada saat pilkada 2017,” ujar Sohibul saat menyampaikan sambutan dalam acara senam pagi dan jalan sehat dalam rangka memperingati Milad ke-20 PKS di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Minggu (15/4). Sohibul menyoroti 4 provinsi yang menjadi fokus PKS untuk mendulang suara. Menurut Sohibul, 4 provinsi itu memiliki jumlah pemilih di atas 10 juta. “Pertama Sumatera Utara, dengan pemilih 11 juta; kedua, Jateng dengan pemilih 27 juta; ketiga, Jatim pemilih 31 juta dan keempat, Jabar dengan pemilih 33 juta. Ini kalau dijumlahkan sudah mencapai 102 juta pemilih. Kalau kita bisa memenangkan 4 tempat ini, insyaallah kita akan bisa melangkah ke 2019 dengan sebaikbaiknya,” tutur Sohibul. “Apakah antum siap membantu daerah-daerah tersebut?” tanya Sohibul. “Siap,” jawab kader dan simpatisan PKS yang hadir. “Minimal doa. Setiap saat antum harus mendoakan daerah-daerah itu,” timpal Sohibul lagi. Selain doa, Sohibul juga meminta kader-kader PKS untuk menyongsong Pilkada 2018 dan Pilpres 2019 dengan optimisme. Sohibul menyebut PKS telah memiliki 3 modal untuk dapat meraih suara seperti yang diamanatkan Munas, yakni 12 persen secara nasional. “Pertama. Antum semua, kader-kader yang militan. Antum tidak bisa dihitung dengan uang, bicara tentang pilpres Rp4 triliun, Rp17 triliun kita punya kader yang militan seperti antum. Itu kalau dihitung lebih dari jumlah-jumlah tersebut. Allahuakbar. Karena itu saya titip modal pertama kita militansi kader ini harus dijaga. DPW khususnya bidang kaderisasi, harus terus menjaga militansi ini. Jangan sampai menurun, loyo, harus ditingkatkan. Kaderisasi harus dipantau betul untuk memastikan kader PKS tetap dalam militansi yang prima,” ujar Sohibul. (dtc/rol)


sENIN 16 APRIL 2018

5

EDUKASI

Program Dirjen Belmawa Kemenristekdikti

439 Mahasiswa se-Sumut Ikuti ON MIPA PT Medan | Jurnal Asia Sebanyak 439 mahasiswa se Sumatera Utara berlaga di ajang Olimpade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) tingkat Kopertis. “Seleksi tingkat Kopertis Wilayah I Sumut untuk menentukan 64 mahasiswa terbaik,” kata Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut Prof Dian Armanto melalui Kepala Seksi Akademik Kemahasiswaan Drs Sulhan Lubis, Sabtu (14/4).

Dijelaskannya, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Dirjen Belmawa Kemenristekdikti) menyelenggarakan olimpiade dengan bidang yang diperlombakan Matematika, Kimia, Fisika, dan Biologi yang mulai dirintis pada 2009. “Secara universal, ilmu-ilmu dasar dan Matematika merupakan bidang penting yang harus dikuasai oleh masyarakat. Sayangnya

kualitas pendidikan di Indonesia pada bidang ini tergolong rendah,” kata Sulhan. Untuk itu, sebutnya, pemerintah melakukan upaya pemberdayaan mahasiswa dalam penguasaan ilmu dasar dan Matematika yang tujuan akhirnya untuk mendorong daya saing bangsa. Tujuan dari Olimpiade Nasional MIPAPT ini, kata Sulhan, untuk meningkatkan minat mahasiswa dalam bidang Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi.

Jurnal Asia | Swisma SELEKSI OLIMPIADE. Para mahasiswa se Sumut sedang mengikuti seleksi pada ajang Olimpade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi.

Perlombaan ini juga diharapkan mendorong peningkatan kemampuan akademik dan memperluas wawasan mahasiswa bidang MIPA. Pemerintah, kata Sulhan, dalam hal ini Dirjen Belmawa Kemenristekdikti juga berharap melalui lomba ini dapat memberi masukan untuk perbaikan pembelajaran di perguruan tinggi, khususnya bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Seleksi ON MIPA-PT tingkat Kopertis 2018 ini dilaksanakan di kampus Universitas Katolik Santo Thomas pada 21 - 22 Maret 2018 lalu. Disebutkannya, peserta yang mendaftar pada kegiatan ON MIPA-PT ini berjumlah 439 orang mahasiswa yang berasal dari 2 perguruan tinggi negeri (PTN) dan 23 PTS se Sumut. Adapun klasifikasi peserta berdasarkan pengelompokan perguruan tinggi adalah 284 mahasiswa dari kelompok Universitas terdiri dari 2 PTN dan 14 PTS. Kemudian, 111 mahasiswa dari kelompok Institut yang terdiri dari 5 PTS. Selanjutnya 46 mahasiswa dari kelompok Sekolah Tinggi yang terdiri dari 4 PTS. Dijelaskannya, lomba dilakukan dalam tiga tahap yaitu tahap I di tingkat perguruan tinggi yang menghasilkan 7 mahasiswa terbaik masingmasing bidang. Tahap II tingkat wilayah, yakni Kopertis untuk menentukan 64 mahasiswa terbaik. Sedangkan tahap III di tingkat nasional yang menghasilkan 20 mahasiswa terbaik. Sulhan mengungkapkan, peserta tahap II adalah peserta terbaik hasil seleksi tahap I dan mendapatkan rekomendasi dari pemimpin perguruan tinggi bidang kemahasiswaan. (swisma)

Impor 200 Dosen Asing, Spesifikasi Harus Jelas Jakarta | Jurnal Asia Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) akan mengimpor impor atau mendatangkan 200 dosen asing. Sejumlah skema dipersiapkan untuk kedatangan mereka. Dirjen Sumber Daya Iptek-Dikti Kemenristekdikti Ali Ghufron Mukti mengatakan salah satu skema mendatangkan dosen asing itu adalah melalui program World Class Professor (WCP). Tahun

lalu program WCP menghadirkan sebanyak 87 orang profesor. Terbanyak dari Jepang. Tahun ini jumlahnya tidak jauh berbeda. Ghufron mengatakan selama ini kedatangan dosen asing ke Indonesia durasinya singkat. ’’Kita maunya lebih lama. Jadi bisa memberikan dampak peningkatan mutu,’’ katanya akhir pekan kemarin. Peningkatan mutu itu meliputi proses pendidikan, penelitian, serta publikasi.

Guru besar UGM itu mengatakan, bisa para dosen asing itu berada di Indonesia selama lebih dari setahun. Terkait adanya kekhawatiran dosen asing itu bisa menggeser atau menggangu dosen lokal, Ghufron mengatakan tidak perlu ada kekhawatiran semacam itu. Justru pada dosen lokal dan asing akan berkolaborasi untuk maju bersama-sama. Dengan kedatangan dosen asing itu diharapkan dosen lokal bisa meningkatkan kompetensi dan daya saing. Dia menjelaskan sejatinya kuota 200 dosen asing itu masih kurang. Namun Kemenristekdikti tidak bisa menetapkan kuota yang lebih banyak. Sebab harus menyesuaikan dengan ketersediaan anggaran. Selain itu mempertimbangkan para dosen yang bakal didatangkan ke Indonesia harus meninggalkan aktivitas akademik di negara asalnya. Sekjen Kemenristekdikti Ainun Naim mengatakan ’’impor’’ dosen asing itu tidak mutlak mendatangkan dosen begitu saja. Tetapi melalui banyak skema. Diantaranya adalah petukaran antara dosen Indonesia dengan dosen luar negeri. Perlu Aturan Wakil Ketua Komisi X DPR Abdul Fikri Faqih menilai perlu ada aturan detail yang membatasi jumlah dosen asing yang masuk ke Indonesia. Aturan pembatasan jumlah dosen asing sebagai dampak dari penerbitan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 20 Tahun

2018 tentang Penggunaan Tenaga Kerja Asing (TKA). Politikus PKS menerangkan aturan pembatasan untuk memastikan jumlah dosen asing yang masuk sesuai dengan kebutuhan tenaga pengajar dari luar negeri di Indonesia. Dia menjelaskan dosen asing memang merupakan tenaga kerja asing berkemampuan atau skilled, tetapi perlu ada kajian berapa banyak kebutuhan dosen asing di Tanah Air. “Pembatasan jumlah juga penting, sejauh ini data apa yang menunjukkan kita kekurangan tenaga dosen pengajar sehingga harus impor,” ujar Fikri Menurutnya, pembatasan jumlah terkait dengan gaji dan tunjangan antara dosen asing dan dosen lokal. Dia mengatakan aturan perlu memuat besaran gaji untuk dosen asing mengacu pada standar gaji di negara yang mana. Fikri menyebutkan DPR secara umum kontra dengan adanya Perpres tentang Penggunaan TKA lantaran berpotensi membanjirnya pekerja yang tidak memiliki kemampuan atau unskilled. Padahal, mereka dapat mengancam tenaga kerja Indonesia sendiri. Kendati demikian, dia juga mendorong, ada riset dan kajian terkait dengan negara asal dosen asing dan kebutuhan dosen asing di dalam negeri. Fikri menyontohkan jika tujuan transfer ilmu pengetahuan dan teknologi, maka negara asal dosen asing yang tepat, yakni Jerman dan Jepang. (rep|jpnn)


6

senin 16 April 2018

peristiwa Usai Gasak Laptop

PeNYuPLaI saBu RIZa sHaHaB DItaNgKaP Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono (tengah) bersama Kasubdit II Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya AKBP Dony Alexander (kiri) menunjukan barang bukti sebelum memeberi keterangan pers tentang pengembangan kasus penggunaan narkoba di Polda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (15/4). Polda Metro Jaya menangkap tiga tersangka YH, MS, dan IR, selaku jaringan penyuplai narkoba jenis sabu kepada artis Riza Shahab dan Reza Alatas dan mengamankan barang bukti shabu 5,5 gram, ganja 33 gram dan sebuah timbangan.

Pencuri Tewas Jatuh dari Lantai 2 Rumah Korbannya

Antara | Haidz Mubarak

Kepergok Curi HP

Cewek Diamuk Massa di Medan sunggal Medan | Jurnal Asia Bermoduskan tanya alamat, seorang wanita Evi Kristina (43) beraksi melakukan pencurian di pemukiman rumah Jalan Setia Gang Sosial Kelurahan Tanjung Rejo Kecamatan Medan Sunggal, Minggu (15/4). Namun, ketika hendak pergi membawa handphone curian, aksinya dipergoki korban Fuji Astuti Situmeang (27). Korban kemudian meneriakinya dengan sebutan maling. Akibatnya, pelaku yang seharinya bekerja wiraswasta ini sempat dihajar oleh warga beramai-ramai. Informasi dihimpun wartawan, awalnya korban yang terbangun di pagi hari sekitar pukul 07.00 WIB, melihat handphone miliknya hampirkehabisan baterai. Dari dalam kamar,

korban lalu keluar mengambil charger hp-nya untuk kemudian mengisi daya di ruang tamu. Sembari menunggu hp dicas, korban lalu beringsut kembali ke dalam kamarnya. Nah, saat itulah pelaku menyelinap ke rumahnya. Dengan cekatan dia mengambil hp korban. Setelah aksi pencuriannya berhasil, pelaku mengendap-endap keluar meninggalkan rumah korban. Tapi apa lacur, baru beberapa langkah keluar dari pintu masuk, korban memergokinya. “Begitu didatangi korban, pelaku lalu berpurapura menanyakan alamat,” ujar Kanit Reskrim Polsek Sunggal, Iptu Budiman Simanjuntak. Korban yang mendengar ucapan itu sempat menjelaskan pertanyaan. Budi melanjutkan, ketika aksi pelaku hampir berhasil, sekonyong

konyong korban melihat hp-nya di tangan pelaku. Pagi itu, korban lalu berteriak sekuatnya, membangunkan warga lain. “Tetangga korban lalu berdatangan dan mengerumuninya, tapi tak lama personel yang mendapat informasi itu lalu mengamankan pelaku,” ungkapnya. Selanjutnya, berserta barang bukti pelaku yang merupakan warga Jalan Pintu Air IV Kelurahan Kuala Bekala, Kecamatan Medan Johor lalu dibawa ke Polsek Sunggal untuk pemeriksaan lebih lanjut. “Kita masih melakukan penyelidikan sudah berapa kali pelaku beraksi, begitu juga dengan modusnya yang pura pura tanya alamat apakah modus baru apa tidak, masih kita dalami,”tandasnya. (bowo/hut)

Polsek Patumbak Razia Cafe Remang-remang Belasan Botol Miras Diamankan Medan | Jurnal Asia Polsek Patumbak bersama Kodim 0201/BS Medan kembali menyisir sejumlah cafe remangremang, Minggu (15/4) dini hari. Dalam razia tersebut, petugas mengamankan empat orang waitress dan dua pengunjung pria yang sedang menikmati minuman keras (miras). Selain mengamankan pengunjung dan pengantar minuman, polisi juga menyita 17 botol minuman keras (miras) berbagai merek dari tiga lokasi dan 2 unit sepeda motor, 4 waitress dan 2 pengunjung cafe. Keempat waitress dan dua pengunjung diamankan dari Hongkong Cafe Jalan SM Raja/ Jalan Oma Deli masing-masing bernama Enjel Ginting (20), Indah (20), Nuri (18), Indri (20) dan Mahayan (18) serta Aleksandri (18), karena tak memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk). Selain Hongkong Cafe milik Puji Astuti (56) warga Jalan Tritura Medan, petugas juga melakukan razia di Cafe Rangga Jalan Karya Marindal I Kecamatan Patumbak Deli Serdang. Dari lokasi in, petugas hanya mengamankan 2 unit sepeda motor Honda GL Pro BK 2950 DF dan Honda Mio BK 2999 AEI tanpa dokumen yang ditinggal lari pemiliknya saat petugas datang. Usai menyisir dua lokasi itu, petugas gabungan kemudian merazia Cafe Carbot di Jalan Baru Pasar IV Marindal I Kecamatan Patumbak Deli Serdang. Di lokasi ini, petugas

tidak ada mengamankan apapun baik itu miras maupun waitress dan pengunjung. Kapolsek Patumbak, Kompol Yasir Ahmadi mengatakan, dalam razia kali ini personel yang dikerahkan sebanyak 30 orang terdiri 21 orang dari Polsek Patumbak dan 9 orang dari Kodim 0102/ BS Medan yang dipimpin oleh Pelda P Gultom. Dikatakannya, razia ini dilakukan dalam bentuk Operasi Cipta Kondisi untuk

meminimalisir penyakit masyarakat dan mengurangi angka kriminalitas akibat narkoba dan minuman keras. Apalagi saat ini banyak korban akibat peredaran minuman keres (miras) oplosan. “Selain itu, razia ini juga kita lakukan untuk mamastikan keamanan di wilayah hukum Polsek Patumbak menjelang Pilgubsu dan Pilbup Deli Serdang,” ujar Yasir. (ial/hut)

Jurnal Asia | ial Petugas gabungan saat melakukan razia di salah satu cafe remang-remang.

Tangerang | Jurnal Asia Seorang pria bertato menerima ajalnya usai menggasak ponsel dan laptop di rumah seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS), Suyato (54), di Jalan Raden Fatah, Parung Serab, Ciledug, Kota Tangerang. Pria tanpa identitas tersebut tewas lantaran jatuh dari lantai dua rumah korban. Kapolsek Ciledug Kompol Supiyanto mengatakan, awalnya korban dibangunkan oleh warga sekitar karena di depan rumahnya terdapat sesosok mayat laki-laki dalam kondisi tergeletak. Korban pun terkejut saat melihat keberadaan mayat itu. Ia pun langsung menghubungi pihak kepolisian. “Ada tas ransel warna hitam tersangkut di kanopi jendela,” ucapnya, Minggu (15/4). Mendapat informasi itu, lanjut Supiyanto, pihaknya langsung bergegas menuju ke lokasi dan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Usai olah TKP, akhirnya diketahui bahwa sebelum terjatuh, tersangka masuk ke rumah korban dan menggasak sejumlah barang berharga. “Namun disaat kabur dari lantai dua, tersangka terjatuh dan membentur halaman yang terkonblok,” katanya. Dalam tas tersangka, polisi menemukan satu unit laptop dan tiga unit ponsel milik korban. Tersangka sendiri memiliki tato dengan motif tribal di bagian perut, lengan sebelah kiri, serta tato bertuliskan “Boele” di lengan sebelah kanan. “Tinggi kurang lebih 170 cm berat badan 40 kg, kulit sawo matang. Saat ini mayat tersebut dilarikan ke RSUD Kabupaten Tangerang,” tandas Supiyanto. (pkc/hut)

Poldasu Buru Penganiaya Personel Polisi di Kampung Kubur Medan | Jurnal Asia Petugas gabungan Polda Sumatera Utara dan Polrestabes medan hingga kini masih berupaya memburu keberadaan Ayub dan kedua rekannya, terkait kasus penganiayaan seorang anggota polri, Bripka Eric Tambunan, Sabtu (14/5) sore, di kawasan Kampung Kubur, Medan. Personil lengkap telah diturunkan ke lokasi kejadian dan beberapa lokasi yang dicurigai tempat persembunyian para pelaku. “Namanya anggota kita, harus kita tangkap pelakunya,” kata Kasubdit III/ Jatanras Ditreskrimum Polda Sumut, AKBP Maringan Simanjuntak, Minggu (15/4). Dikatakan Maringan, polisi juga telah memeriksa sejumlah saksi-saksi yang melihat langsung penganiyaan secara membabi buta terhadap anggota Unit Jatanras tersebut. Duduk perkara dari peristiwa ini masih simpang siur. Sumber di lokasi kejadian menyebutkan, perkelahian antara korban dan pelaku terjadi akibat latar belakang dendam saat bersinggungan di lokasi hiburan malam, Minggu lalu. Kemudian, informasi juga menyebutkan, angota polisi ini sedang menjalankan tugasnya. Polisi kini masih mencari bukti-bukti dan berbagai saksi lainnya di lokasi hiburan malam. Sementara itu, Maringan mengabarkan kondisi anak buahnya telah mulai sadar dan berangsur membaik setelah mendapat perawatan di Rumah Sakit Bhayangkara Medan. Bripka Eric Tambunan mengalami luka serius pada bagian kepalanya akibat hantaman pelaku dengan pemukul bola baseball, botol minuman, dan benda tumpul lainnya. Korban terjungkal ke Sungai Babura dan kemudian diselamatkan warga ke rumah sakit terdekat. Pistol jenis revolver yang sempat dirampas pelaku saat korban melakukan perlawan, berhasil ditemukan tak jauh dari lokasi kejadian. “Mohon doanya agar pelaku secepatnya ditangkap,” pinta Maringan. (ial/hut)


senin 16 April 2018

7

NASIONAL AKSI SETAHUN KASUS NOVEL BASWEDAN Aktivis dari Garda Tipikor Makassar berorasi saat melakukan aksi memperingati setahun kasus penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan di Anjungan Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (15/4). Aksi tersebut sebagai bentuk dukungan terhadap penyidik senior KPK Novel Baswedan, sekaligus untuk mendesak Kapolri agar segera menangkap pelaku penyiraman air keras dan meminta presiden membentuk tim gabungan pencari fakta.

KPK Wajib Tetapkan Boediono Tersangka

Antara |Abriawan Abhe

Bicara Soal Partai Setan

Amien Rais Dipolisikan Jakarta | Jurnal Asia Politisi senior dari Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais dilaporkan ke polisi berkaitan dengan pernyataanya soal soal Partai Allah dan Partai Setan. Amien dilaporkan oleh Cyber Indonesia dengan tuduhan melakukan ujaran kebencian. “Hari kita buat laporan polisi terkait dengan terlapornya adalah saudara bapak AR (Amien Rais) berhubungan dengan adanya kutipan di media sosial yang saya lihat sendiri,” ucap Ketua Cyber Indonesia, Aulia Fahmi, kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (15/4). “Saya tidak mau sebut nama akun medsosnya, dan kalian sudah tahu karena sudah viral mengenai adanya statemen orang tidak bertuhan, statemen partai Allah statement partai setan,” sambungnya. Aulia melaporkan Amien Rais ke Polda Metro Jaya dengan nomor laporan LP/2070/ IV/2018/PMJ/Ditreskrimsus. Dia melaporkan Amien dengan tuduhan tindakan pidana ujaran kebencian SARA dan penodaan agama melalui media sosial. Seperti pasal 28 ayat 2, UU ITE, dan atau pasal 156 a KUHP. “(Barang bukti) ada print out, isinya

statement yang saya jelaskan. USB untuk simpan softcopy,” ujar Aulia. Menurut Aulia, Amien telah melakukan provokasi masyarakat dalam penyebutan partai Islam dan setan. Itu, kata Aulia, tidak sesuai dengan dasar negara Pancasila. “Kami melihat telah ada suatu upaya dikotomi atau provokasi. Yang membawa, ras, agama. Padahal kita tahu bahwa negara kita adalah negara berdasar Pancasila dan UUD 1945,” ucap Aulia. Aulia merasa, Amien telah melecehkan partai di luar tiga partai yang disebut partai Allah. Baginya, hal ini bisa merupakan ujaran kebencian. “Maka itu, kami lihat ada indikasi, dugaan telah memecah belah persatuan bangsa. Yang mana kita negara Indonesia adalah negara Pancasila,” kata Aulia. Selain ujaran kebencian, Aulia pun menuduh Amien melakukan penistaan agama. Hal ini karena telah menyebut ada orang tidak bertuhan. “Pada konten yang menyatakan orang tidak bertuhan. Konten ada partai Allah. Tadi sudah saya jelaskan, tadi seolah-olah sudah ada friksi. Golongan ini A, ini B. Islam kan universal,” ucap

Aulia. “Lebih jauh, tinggal penyidik yang ahlinya. Bagaimana masuk pasalnya sesuai materi yang dilaporkan,” ucap Aulia. Sebelumnya diberitakan, Amien yang juga Ketua Penasihat Persaudaraan Alumni 212, berbicara tentang partai setan dan partai Allah dalam tausyiahnya pada Jumat (13/4) lalu. Dia menyebut PAN, PKS, dan Gerindra ada untuk membela agama Allah. Sementara orang yang anti-Tuhan bergabung dalam partai besar, yaitu partai setan. Amien Rais belum bisa dikonfirmasi mengenai pelaporan ini. Namun sejak awal Amien tak membeberkan partai apa saja yang masuk kategori partai setan. Ditanya usai acara, Amien menyatakan bahwa yang dimaksudnya adalah cara berpikir, bukan partai dalam konteks politik praktis. “Saya enggak katakan begitu. Jadi ini bukan partai, tapi cara berpikir. Cara berpikir yang untuk Allah dan yang diikuti oleh setan. Yang cara berpikir gelombang manusia yang prosetan itu pasti akan merugi, sementara gelombang besar yang didikte oleh kehendak Allah pasti menang,” kata dia. (dtc/put)

Di Jawa Barat

Korban Tewas Miras Oplos Tembus 61 Orang Jakarta | Jurnal Asia Jumlah korban tewas akibat minuman keras oplosan di Jawa Barat mencapai 61 orang. Terbanyak berasal dari Cicalengka, Kabupaten Bandung, di mana ada 42 orang meregang nyawa usai menenggak miras oplosan dalam beberapa pekan terakhir. Kapolda Jawa Barat Inspektur Jenderal Agung Budi Maryoto mengatakan jumlah ini hampir menyamai dua peleton dalam sebuah pasukan. “Di Cicalengka saja 42 orang, Bandung tujuh, Cianjur dua orang, Ciamis satu orang, Pelabuhan Ratu, dan Sukabumi tujuh orang,” kata Agung di Bandung, Minggu (7/4). Saat ini Polda Jabar menurut Agung terus memburu para produsen dan penjual miras oplosan karena dampak yang diakibatkan tersebut yang sangat mengkhawatirkan. “Kami akan kembangkan terus nanti kalau sudah dapat TSK (tersangka)-nya kami bisa kembangkan lagi,” kata Agung. Saat ini polisi sudah menetapkan dua orang jadi tersangka yakni JS dan HM. Polisi juga

masih mengejar tujuh orang lainnya dan sudah menetapkannya masuk dalam daftar buron. Polisi juga sudah menggeledah rumah pemilik dan pengedar miras oplosan jenis ginseng di Jalan Raya Garut-Bandung, Cicalengka, Kabupaten Bandung beberapa

waktu lalu. Hasilnya, ditemukan bungker yang dijadikan tempat peracikan miras. Penggeledahan dilakukan untuk menindaklanjuti penanganan tersangka JS dan HM. (cnn/put)

Antara | Raisan Al Farisi Adik dari korban minuman keras (miras) oplosan menangis di rumah duka setelah dibawa dari Rumah Sakit Umum Daerah Cicalengka (RSUD), Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Jakarta | Jurnal Asia Nama mantan Wakil Presiden Boediono kembali mencuat dalam kasus Bank Century setelah hakim praperadilan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memerintahkan KPK melakukan penyidikan lanjutan atas skandal Bank Century. Hakim memerintahkan KPK menetapkan tersangka baru, salah satunya mantan Gubernur Bank Indonesia Boediono. Mantan Ketua KPK Abraham Samad yang kala menjabat menangani skandal Bank Century juga turut angkat bicara. Menurutnya, dengan putusan hakim praperadilan PN Jakarta Selatan maka KPK harus segera melakukan penyelidikan atas perkara Bank Century. “Ya harus sesegera mungkin,” katanya di Yogyakarta, Minggu 15 April 2018. Saat menjabat sebagai pimpinan KPK kasus Bank Century mulai dilakukan penyidikan dengan menetapkan Budi Mulya sebagai tersangka. “Budi Mulya ditetapkan sebagai tersangka dan disidangkan. Hakim memutus Budi Mulya bersalah,” katanya. Diakui Samad, pada waktu itu sudah ada beberapa nama yang telah diputuskan oleh pengadilan terlibat dalam skandal Bank Century. Salah satunya adalah mantan Wakil Presiden RI periode 2009-2014, Boediono. “Kan sudah ada putusan inkracht. Wajib hukumnya bagi KPK segera menetapkan orang-orang disebut dalam putusan itu,” katanya. “Karena kalau tidak, nanti KPK dianggap bermainmain, dan tidak serius melakukan penegakan pemberantasan korupsi,” tambahnya lagi. (vv/put)

Hampir Seluruh Wilayah RI Terancam Puting Beliung Jakarta | Jurnal Asia Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus mengkampanyekan agar masyarakat di Indonesia memiliki kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Salah satunya dengan terus melakukan sosialisasi kesiapsiagaan menghadapi bencana angin puting beliung. Deputi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB, Bernardus Wisnu Widjaja mengatakan, saat ini bencana angin puting beliung dapat terjadi hampir di seluruh wilayah di Indonesia. “Di Indonesia hampir seluruh warga negara Indonesia itu terancam puting beliung. Jadi (puting beliung) karena perubahan iklim dan sebagainya itu yang menjadi penyebab,” kata Wisnu di area Car Free Day Bundaran HI, Minggu 15 April 2018. Wisnu mengatakan, puting beliung biasanya dapat terjadi pada musim pancaroba. oleh karena itu, masyarakat diharapkan dapat memiliki kewaspadaan yang tinggi dalam menghadapi bencana tersebut. “Ya puting beliung itu harus dikenali dulu. Munculnya biasanya cuaca, terjadi pada musim pancaroba. Artinya perubahan dari musim panas musim kering ke musim basah, jadi itu harus dikenali dulu,” kata Wisnu. Guna meningkatkan kewaspadaan itu, lanjut Wisnu, masyarakat diharapkan mengenali tanda-tanda yang terjadi sebelum bencana puting beliung. Salah satunya yakni saat perubahan cuaca terjadi secara mendadak. “Tandanya biasanya panas sekali terus tiba-tiba siang atau sorenya langsung gelap mendung nah itu mulai ada (puting beliung),” ujarnya menambahkan. Selain puting beliung, banyak bencana lainnya yang juga dapat terjadi di Indonesia seperti Gempa Bumi, Gunung meletus, banjir dan bencana kebakaran. Maka dari itu, ia berharap seluruh masyarakat di Indonesia dapat siap siaga menghadapi bencana. “Untuk itu setiap tanggal 26 April kita ingin memeringati sebagai hari kesiapsiagaan. Jadi khusus di hari itu, diharapkan pengelola gedung, sekolah, rumah sakit, dapat melakukan simulasi apa yang harus dilakukan ketika bencana.” (vv/put)


8

senin 16 April 2018

INTERNASIONAL

Pejabat Korsel Tegur Kebiasaan Merokok Kim Jong Un

LOUAI BESHARA/AFP Serangan AS dan sekutunya di Suriah menyisakan puing-puing bangunan yang luluh lantak akibat rudal. AS, Inggris dan Prancis meluncurkan rudal kekuatan mereka ke Suriah, namun Rusia--yang merupakan sekutu Suriah--mengklaim kebanyakan rudal yang ditembakkan militer AS dan sekutunya berhasil ditembak jatuh.

UEA Prihatin Situasi di Suriah Republika | Jurnal Asia Uni Emirat Arab (UAE) pada Sabtu (14/4) menyatakan negara itu mengikuti dengan “prihatin” perkembangan di Suriah dan peningkatan saat ini, demikian laporan media setempat. Kementerian Urusan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional UAE di Abu Dhabi juga “dengan keras mengutuk” penggunaan senjata kimia terhadap warga sipil, kata kantor berita UAE, WAM. Satu pernyataan resmi menambahkan UAE mendukung semua tindakan internasional dengan tujuan menghapuskan dan menghancurkan senjata yang dilarang secara internasional tersebut. UAE juga menekankan perlunya mencegah

senjata itu jatuh ke tangan “organisasi teroris internasional di daerah konlik”. UAE, sebagaimana dilaporkan Xinhua di Jakarta, Ahad pagi, menegaskan dukungannya bagi operasi militer terhadap senjata terlarang tersebut dan instalasinya di Suriah. Pernyataan itu menambahkan UAE percaya penyelesaian politik adalah dasar bagi penanganan krisis Suriah. Negara Arab tersebut juga menyeru semua pihak untuk bertindak sejalan dengan resolusi terkait keabsahan internasional. Pernyataan itu mengatakan UAE mengharapkan berakhirnya krisis Suriah dengan segala resiko yang ditimbulkannya bagi persatuan negeri tersebut dan kehilangan nyawa manusia yang meningkat. Pada saat yang sama, pernyataan itu menegaskan bahwa diaktikannya peran Arab

dalam upaya politik diperlukan untuk menemukan penyelesaian politik. Secara terpisah, Kementerian Urusan Luar Negeri Estonia pada Sabtu kembali menegaskan dukungan Estonia bagi upaya pimpinan PBB untuk mewujudkan penyeleisaian politik yang langgeng bagi konlik Suriah. “Estonia dengan keras mengutuk penggunaan senjata kimia oleh rejim Suriah, yang paling akhir di Douma pada 7 April 2018 dan menyerukan semua yang bertanggung-jawab diseret ke pengadilan,” katanya. Pemerintah Suriah telah membantah tuduhan itu dan menyebut laporan trsebut adalah berita palsu yang digunakan oleh Barat untuk membenarkan serangannya ke Suriah. (dc-van)

Pyongyang | Jurnal Asia Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un merupakan perokok berat. Satu momen kikuk sempat terjadi saat seorang pejabat Korea Selatan menegur kebiasaan Kim Jong Un itu. Dilansir dari Japan Times, Minggu (15/4), Asahi Shimbun melaporkan peristiwa tersebut terjadi di acara makan malam pada 5 Maret 2018 lalu. Saat itu memang tengah terjadi pertemuan bersejarah karena delegasi Korsel baru mengunjungi Korut lagi setelah sekian lama. Pejabat Korsel yang menegur Kim Jong Un adalah Ketua Dewan Keamanan Nasional Korsel Chung Eui-yong. Chung Eui-yong meminta Kim berhenti dari kebiasaan merokok tersebut. “Bagaimana kalau berhenti merokok? Ini buruk untuk kesehatan Anda,” kata Chung seperti dikutip oleh Asahi. Mantan Kepala Mata-mata Korut yang hadir dalam pertemuan itu, Kim Yong-chol, dikabarkan ‘membeku’ mendengar pernyataan Chung Euiyong tentang kebiasaan pemimpinnya. Bagaimana tidak, di Korut menegur pemimpin tertinggi merupakan salah satu bentuk penghujatan terhadap negara. Di Korut pemimpin tertinggi dianggap bagai dewa. Istri Kim Jong Un, Ri Sol Ju, kemudian memberi komentar mengenai pernyataan Chung Eui-yong “Saya selalu memintanya untuk berhenti merokok, tetapi dia tidak mau mendengarkan saya,” tuturnya. Namun tak diketahui apa respon Kim Jong Un terhadap teguran tersebut. Asahi Shimbun tak menuliskannya lebih jauh. (dc-van)

Konlik Amerika vs Rusia

Dari Inggris Pindah ke Suriah Damaskus | Jurnal Asia Ketegangan antara Amerika Serikat (AS) dengan Rusia semakin memanas. Teranyar yaitu serangan AS dan sekutunya yang ditargetkan ke Suriah. Namun, Rusia--yang merupakan sekutu Suriah--mengklaim kebanyakan rudal yang ditembakkan militer AS bersama Inggris dan Prancis berhasil ditembak jatuh. Konlik antara AS dan sekutunya dengan Rusia dan sekutunya itu bisa ditarik benang merahnya dengan peristiwa serangan gas saraf yang menimpa Sergei Skripal (66) pada Minggu, 4 Maret lalu. Sergei bersama putrinya, Yulia (33), ditemukan tidak sadarkan diri di Salisbury, Inggris, karena diduga terpapar gas saraf--yang belakangan diketahui merupakan gas saraf level militer yang dikembangkan oleh Rusia yang disebut Novichok. Sergei pernah menjadi kolonel dalam Dinas Intelijen Militer Rusia, GRU, dan pernah menjadi agen ganda untuk Rusia juga Inggris. Buntutnya, hubungan antara Inggris dan Rusia memanas. Saat itu, Menteri

Luar Negeri Inggris, Boris Johnson, memperingatkan Rusia bahwa respons tegas akan diberikan jika terbukti negara itu mendalangi insiden ini. AS yang merupakan sekutu Inggris bersama sekutu-sekutu Eropa-nya mengumumkan pengusiran diplomat Rusia pada Senin, 26 Maret 2018. Saat itu, Pemerintah AS mengusir 60 diplomat Rusia dan memberi mereka waktu sepekan untuk angkat kaki dari AS. Konsulat Rusia di Seattle juga diperintahkan ditutup. Tak tinggal diam, Pemerintahan Rusia mengumumkan aksi balasan dengan mengusir sedikitnya 59 diplomat dari 23 negara, yang terlebih dulu mengusir diplomat mereka. Pengumuman ini disampaikan usai Rusia menyatakan akan balas mengusir 60 diplomat AS dari wilayahnya. Setelah drama gas saraf berujung pengusiran diplomat tersebut, AS dan sekutu kembali bersitegang dengan Rusia dan sekutu. Ketegangan itu berawal dari serangan militer AS yang disebut mengerahkan kapal perang dan

pesawat pengebom. Serangan itu diklaim AS sebagai balasan dari serangan kimia beracun oleh rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad ke wilayah Ghouta, daerah yang merupakan benteng terbesar pemberontak melawan Assad. Dipercayai, rezim Assad yang didukung oleh Rusia melepas senjata kimia sehingga membuat sejumlah nyawa warga Ghouta melayang beberapa waktu lalu. Target serangan itu disebut AS sebagai fasilitas penelitian yang merupakan program rahasia senjata kimia pemerintah Suriah. Namun, Kepala Departemen Polimer Pusat Suriah, Saeid Saeid, mengatakan gedung-gedung itu sebelumnya digunakan untuk meneliti dan membuat komponen obat yang tidak dapat diimpor. Dia mengklaim salah satu yang tengah diteliti dalam program rahasia Rusia itu adalah obat untuk kanker dan anti-racun. Sedangkan, militer Rusia menyebut 71 dari 103 rudal, termasuk

Int

rudal Tomahawk milik AS, berhasil dihalau. Pejabat senior militer Rusia, Sergei Rudskoi, dalam konferensi pers di Moskow, mengatakan sistem pertahanan udara Suriah juga menggunakan perangkat buatan Uni Soviet, termasuk sistem rudal Buk dan sistem S-200, dalam menghalau rudalrudal AS, Inggris dan Prancis. P r e s i d e n A S D o n a l d Tr u m p menyebut hubungan AS dengan Rusia kini lebih buruk daripada saat terjadi Perang Dingin. Trump menyalahkan penyelidik khusus Robert Mueller karena memicu ketegangan dengan pemerintah Moskow. Mueller tengah memimpin penyelidikan atas dugaan campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden AS. “Hubungan kita dengan Rusia kini lebih buruk dari sebelumnya, dan itu termasuk Perang Dingin. Tak ada alasan untuk ini,” kata Trump seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (12/4/2018). Trump pun mengejek ancaman Rusia untuk menembak jatuh rudalrudal AS yang menargetkan Suriah.

Trump mengecam hubungan Moskow dengan rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad. “Rusia bertekad untuk menembak jatuh semua rudal yang ditembakkan ke Suriah,” tutur Trump. “Bersiaplah Rusia, karena rudalrudal itu akan datang, bagus dan baru dan ‘cerdas!’ Anda tak seharusnya bermitra dengan ‘binatang gas pembunuh’ yang membunuh rakyatnya dan menikmati itu!” sambung Trump yang berujung pada serangan AS ke Suriah. Tak hanya AS, sekutunya yaitu Inggris dan Prancis turut serta melakukan serangan. Militer Inggris mengerahkan 4 jet tempur Tornado yang menembakkan sejumlah rudal Storm Shadow ke target-target di Suriah, sedangkan militer Prancis mengerahkan kapal perang jenis frigate dan jet tempur Rafale yang mampu menembakkan rudal jelajah ke target, tanpa memasuki wilayah Suriah. Total ada 115 rudal dan misal yang digunakan dalam serangan itu. (dc-van)


Senin 16 April 2018

9

BISNIS Jadwal Penerbangan Penerbangan Jadwal Bandara Kualanamu Senin, Kamis,16 18April Februari 20182016

Garuda Indonesia BERANGKAT KE Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

Jakarta GA 181 Jakarta GA 183 Jakarta GA 197 Jakarta GA 185 Jakarta GA 187 Jakarta GA 189 Jakarta GA 121 Jakarta GA 191 Jakarta GA 193 Jakarta GA 195 Banda Aceh GA 280 Surabaya GA 288 Palembang GA 266 Denpasar (via Palembang) Batam GA 270 Lampung (via Batam) GA 270 Lhokseumawe GA 7124 Sibolga GA 263 Sabang GA 7112 Gunung Sitoli GA 7116 Silangit GA 7136 Singapura GA 850

05.20 09.00 10.10 11.15 12.20 14.05 16.05 17.00 18.35 20.35 16.10 06.00 06.30 GA 266 09.20 09.20 09.55 07.30 08.50 07.00 13.20 13.30

Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Banda Aceh Surabaya Palembang 06.30 Batam

GA 180 GA 194 GA 182 GA 184 GA 186 GA118 GA 188 GA 190 GA 192 GA 196 GA 281 GA 289 GA 267

08.00 09.10 10.15 11.20 13.05 15.10 16.00 17.30 19.35 22.10 18.55 19.40 16.30

JAM

GA 271

17.05

Lhokseumawe Sibolga Sabang Gunung Sitoli Silangit Singapura

GA 7125 GA 262 GA 7113 GA 7117 GA 7137 GA 851

12.15 15.20 12.10 08.20 15.20 11.45

Batik Air BERANGKAT KE Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

Jakarta (HLP) Jakarta (HLP) Jakarta (HLP) Jakarta Jakarta Jakarta

09.15 12.45 18.45 05.00 11.00 18.00

Jakarta (HLP) Jakarta (HLP) Jakarta (HLP) Jakarta Jakarta Jakarta

ID 7015 ID 7013 ID 7021 ID 6884 ID 6886 ID 6890

ID 7014 ID 7012 ID 7016 ID 6881 ID 6885 ID 6891

JAM 18.00 19.35 22.25 10.20 11.50 17.20

AirAsia BERANGKAT KE Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

Penang Penang Penang Penang Kuala Lumpur Kuala Lumpur Kuala Lumpur Kuala Lumpur Kuala Lumpur Bangkok Palembang Jogjakarta

11.10 13.25 18.50 18.30 12.25 15.35 09.10 17.25 20.25 15.50 07.05 06.00

Penang Penang Penang Penang Kuala Lumpur Kuala Lumpur Kuala Lumpur Kuala Lumpur Kuala Lumpur Bangkok Palembang Jogjakarta

QZ 107 QZ 103 QZ 105 AK 299 QZ 123 QZ 125 AK 391 AK 393 AK 395 QZ 155 QZ 8041 QZ 8075

QZ 106 QZ 102 QZ 104 AK 298 QZ 122 QZ 124 AK 390 AK 392 AK 394 QZ 154 QZ 8040 QZ 8074

JAM 13.00 15.25 20.50 18.05 14.50 18.20 08.35 16.55 20.00 20.10 10.35 11.55

Wings Air BERANGKAT KE Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

JAM

Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Meulaboh Simeuleu Lhokseumawe Sibolga Sibolga Sibolga

06.20 08.10 08.15 09.00 11.30 14.00 10.45 13.20 10.00 07.50 13.30 -

Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Gunung Sitoli Meulaboh Simeuleu Lhokseumawe Sibolga Sibolga Sibolga

IW 1263 IW 1265 IW 1269 IW 1249 IW 1267 IW 1261 IW 1253 IW 1241 IW 1251 IW 1259 IW 1257 IW 1255

07.35 08.35 10.20 11.05 13.35 16.05 12.55 15.35 12.25 09.55 12.15 15.15

IW 1268 IW 1264 IW 1266 IW 1248 IW 1262 IW 1260 IW 1252 IW 1240 IW 1250 IW 1258 IW 1256 IW 1254

Antara | Aditya Pradana Putra PEMANFAATAN PEMBAYARAN NONTUNAI. Pedagang melayani pembeli yang melakukan pembayaran secara non tunai dari layanan Bank Negara Indonesia (BNI), Tap Cash di Pasar Semarangan, Hutan Kota Tinjomoyo, Semarang, Sabtu (14/4).

Investor Asing Butuh Mitra Lokal Jakarta | Jurnal Asia Pemerintah terus menawarkan proyekproyek infrastruktur strategis ke investor global. Belum lama ini, skema dan proyek infrastruktur dipromosikan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas dalam forum investasi internasional bernama Annual Investment Meeting (AIM) di Dubai, 9-10 April 2018. Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menjelaskan, dalam forum tersebut, sejumlah investor menanyakan secara detail beberapa proyek infrastruktur. Menurut investor, instrumen finansial dan dan organisasi yang ada di Indonesia dinilai memadai untuk menarik investasi. Meski begitu, para investor menyatakan membutuhkan mitra lokal sebagai mitra kerja. Dalam konteks ini, Bambang mengatakan,

pemerintah akan memfasilitasi dengan memberikan jawaban ketika para investor menanyakan mitra lokal yang bisa diajak bekerja sama. “Mitra lokal telah menjadi kebutuhan dalam menjalin komunikasi dengan calon investor. Beberapa korporasi meminta agar mitra lokalnya adalah BUMN,” ujar Bambang, Minggu (15/4). Bambang berharap ketika mempromosikan investasi, semua pihak telah memiliki data mitra lokal yang bisa diajak berbisnis dalam berbagai proyek. Mitra lokal yang potensial, kata Bambang, segera diajak untuk bersama-sama berpromosi karena bahasa antarpengusaha lebih jelas dibandingkan dengan birokrat atau pemerintah. Dalam Forum AIM, Bambang yang mewakili Pemerintah Indonesia mendapat kesempatan

menjadi pembicara dan memaparkan peluang investasi di Indonesia. Ia juga mempromosikan skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) dan pembiayaan investasi non-anggaran pemerintah (PINA) sebagai alternatif pembiayaan dalam pembangunan infrastruktur publik di Indonesia. Saat ini, ujar Bambang, terdapat 19 sektor yang dapat dikerjasamakan Pemerintah Indonesia melalui skema KPBU, beberapa di antaranya meliputi sektor konektivitas, perkotaan, dan sosial. “Kementerian PPN/Bappenas telah menginisiasi terbentuknya kantor bersama KPBU forum koordinasi antar pemangku kepentingan KPBU di tingkat pemerintah pusat yang beranggotakan tujuh kementerian/ lembaga,” ujarnya. (rep|swm)

Dana Simpanan Valas Diprediksi Terus Menurun Jakarta | Jurnal Asia Dana pihak ketiga (DPK) perbankan dalam bentuk valuta asing (valas) masih menunjukan tren penurunan di awal tahun ini. Tercatat berdasarkan data uang beredar Bank Indonesia (BI), DPK valas per Februari 2018 menurun 0,5% year on year (yoy) menjadi Rp 696,2 triliun. Penurunan tersebut terbesar terjadi pada dana valas tabungan yang turun 7,5% yoy menjadi Rp 119,4 triliun. Untuk dana giro dan deposito masih tumbuh, tapi sangat tipis. Giro valas hanya tumbuh 0,8% yoy menjadi Rp 278,7 triliun dan deposito valas tumbuh 1,3% yoy menjadi Rp 298,0 triliun. Alhasil DPK valas harus menurun 0,5% yoy. Menanggapi kondisi tersebut, Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira menjelaskan, penurunan DPK valas diprediksi akan terus berlanjut sampai akhir tahun. Faktornya ada dua, yang pertama yakni adanya potensi kenaikan suku bunga acuan bank sentral Amerika Serikat atau Fed Funds Rate (FFR) hingga 3 kali di 2018. “Ini mengakibatkan mata uang dolar Amerika Serikat (AS) justru melemah terhadap mata uang lainnya. Meskipun dolar AS terhadap rupiah menguat tapi dibanding mata uang lain seperti dolar Singapura dan yen Jepang, posisi dolar AS cenderung melemah. Artinya lebih

untung memegang valas non-dollar,” jelas Bhima, Minggu, (15/4). Bhima menambahkan, faktor yang kedua yakni karena ada penarikan dana korporasi untuk memenuhi kebutuhan pembayaran jatuh tempo utang atau pembayaran kebutuhan impor bahan baku. Tren pelemahan rupiah terhadap dolar AS membuat kewajiban utang swasta naik dan biaya impor lebih besar. Otomatis DPK valas menjadi menurun. “Ini akan lebih baik dari sisi penurunan biaya bunga atau cost of fund (COF) karena DPK perbankan growth-nya masih cukup gemuk yakni 8,2% yoy atau Rp1.938 triliun. Jadi dari sisi likuiditas masih aman. CAR juga dikisaran 23%,” jelas Bhima Senada, Tambok Parulian Setyawati Simanjuntak, Direktur Retail Banking PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) menjelaskan, pertumbuhan dana valas perbankan banyak dipengaruhi oleh kondisi ekonomi global seperti kenaikan FFR juga normalisasi neraca bank sentral AS. “Untuk DPK valas BNI sampai dengan Februari 2018 masih tumbuh positif 16% yoy,” ungkap Tambok kemarin lusa. Sekadar informasi, hingga Februari 2018, tercatat BNI telah menghimpun DPK hingga Rp 468,02 triliun. Angka tersebut tumbuh 14,71% yoy dari tahun lalu sebesar Rp 408,01 triliun.

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) justru menilai pertumbuhan DPK valas yang pelan di Bulan Februari 2018 masih wajar. Budi Satria, Direktur Bank BTN menjelaskan, penurunan ini masih terbilang wajar dan tidak terlalu besar yakni 0,5%. Menurutnya, penggunaan dana valas biasanya untuk keperluan membayar hutang valas. “Di BTN sendiri dana valas masih tidak besar. Itu karena kami tidak masuk dalam pembiayaan valas,” ujar Budi Selain itu, pun Budi menjelaskan, kondisi ini menunjukan kepercayaan masyarakat terhadap rupiah masih cukup baik. Masyarakat masih banyak yang percaya diri dalam menyimpan uang rupiah. Dana valas di BTN sendiri dinilainya masih tidak terlalu besar yakni hanya 5% dari total DPK perseroan. Sebagai gambaran, hingga Februari 2018, DPK yang telah dihimpun BTN mencapai Rp 175,99 triliun. Angka tersebut tumbuh 21,36% yoy dibandingkan dengan tahun lalu sebesar Rp 145,01 triliun. Dengan kata lain, DPK valas BTN per Februari hanya sekitar Rp 8,79 triliun atau 5% dari total DPK. Pun, Budi menambahkan, pemeringkat Moody’s yang menaikan rating Indonesia menjadi Baaa2 membuat tingkat kepercayaan masyarakat kepada simpanan rupiah menjadi lebih baik. (kncm|swm)


10

Senin 16 April 2018

BISNIS

Lion air BERANGKAT KE Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Pekanbaru Pekanbaru Bandung Bandung Bandung Banda aceh Banda aceh Banda aceh Padang Padang Batam Batam Batam Batam Batam Batam Penang Penang Penang

Flight JT 211 JT 397 JT 207 JT 395 JT 303 JT 201 JT 387 JT 399 JT 383 JT 385 JT 203 JT 305 JT 205 JT 140 JT 295 JT 913 JT 960 JT 902 JT 196 JT 306 JT 396 JT 231 JT 131 JT 970 JT 957 JT 988 JT 932 JT 972 JT 977 JT 134 JT 132 JT 136

JAM 07.50 08.40 11.50 12.50 13.50 15.20 15.50 17.45 18.00 18.30 20.10 12.40 16.40 06.30 09.00 13.15 08.10 14.50 20.25 06.00 13.00 07.00 09.20 10.00 12.25 12.55 14.50 08.00 09.40 16.15

TIBA DARI Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Pekanbaru Pekanbaru Bandung Bandung Bandung Banda aceh Banda aceh Banda aceh Padang Padang Batam Batam Batam Batam Batam Batam Penang Penang Penang

Flight JT 210 JT 380 JT 394 JT 302 JT 200 JT 204 JT 306 JT 398 JT 382 JT 202 JT 206 JT 396 JT 212 JT 141 JT 294 JT 911 JT 961 JT 912 JT 397 JT 197 JT 305 JT 130 JT 230 JT 956 JT 971 JT 973 JT 989 JT 974 JT 958 JT 135 JT 133 JT 137

JAM 07.20 08.20 10.20 11.10 12.10 13.10 14.10 14.40 15.10 17.20 18.30 19.45 21.50 15.30 19.30 12.35 19.10 22.15 07.05 11.05 17.40 12.20 19.25 10.50 12.15 16.00 17.10 18.30 19.50 10.20 12.00 18.40

Sriwijaya air BERANGKAT KE

Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

JAM

Jakarta Jakarta Penang Batam Padang

SJ 010 SJ 020 SJ 102 IN 9035 SJ 021

06.05 09.40 08.50 11.30 12.15

Jakarta Jakarta Penang Batam Padang

SJ 010 SJ 016 SJ 013 IN 9034 SJ 020

08.10 16.35 11.00 10.45 11.30

Silk air BERANGKAT KE

Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

JAM

Singapura Singapura

MI 233 MI 237

08.40 20.05

Singapura Singapura

MI 234 MI 238

07.55 19.20

BERANGKAT KE Subang

Flight FY 3413

JAM 10.50

TIBA DARI Subang

Flight FY 3412

JAM 10.25

Flight 3K 281

JAM 09.05

Firely

Jetstar asia BERANGKAT KE Singapura

Flight 3K 282

JAM 09.45

TIBA DARI Singapura

Malaysia airlines BERANGKAT KE

Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

JAM

Kuala Lumpur Kuala Lumpur

MH 861 MH 865

09.05 15.5

Kuala Lumpur Kuala Lumpur

MH 860 MH 864

08.25 15.1

BERANGKAT KE

Flight

JAM

TIBA DARI

Flight

JAM

Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta (HLP) Jakarta (HLP) Batam Batam Bandung

QG 8817 QG 831 QG 837 QG 833 QG 835 QG 143 QG 141 QG884 QG 882 QG 927

06.35 08.40 09.35 18.50 20.25 11.00 18.10 08.50 15.05 12.05

Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta Jakarta (HLP) Jakarta (HLP) Batam Batam Bandung

QG 830 QG 836 QG 832 QG 834 QG 140 QG 142 QG 885 QG 883 QG 926

08.10 14.35 09.10 19.55 07.15 10.30 08.20 18.15 11.30

Citilink

Jadwal Sewaktu - waktu dapat berubah

Antara | Sigid Kurniawan KERETA LRT KELAPA GADING. Foto udara gerbong kereta Light Rail Transit berada di jalur simpan “section” 5A di Kelapa Gading, Jakarta, Minggu (15/4). Setelah diangkut dari Pelabuhan Tanjung Priok pada Sabtu (14/4) malam, gerbong LRT untuk rute Kelapa Gading-Velodrome diangkat ke lintasannya untuk segera dilakukan penyambungan serta instalasi sembari menunggu selesainya pembangunan depo LRT Kelapa Gading.

Pelindo III Batalkan Akuisisi PT Gresik Jasatama Surabaya | Jurnal Asia PT Pelindo III (Persero) membatalkan rencana proses akuisisi PT Gresik Jasatama (GJT) yang beroperasi di Pelabuhan Gresik. Pembatalan dilakukan setelah Pelindo III melakukan kajian dan melakukan due diligent secara detail. “Kami memutuskan untuk tidak melanjutkan (pembatalan) rencana tersebut. Namun, tidak terbatas pada pengakhiran kerja sama Pelindo III dan GJT di wilayah Pelabuhan Gresik sampai dengan batas waktu perjanjian yang ada. Karena tidak sesuai dengan

ketentuan yang diamanatkan pemegang saham kepada kami (Pelindo III),” kata Sekretaris Perusahaan Pelindo III, Faruq Hidayat, MInggu (15/4). Sebelumnya, pada akhir Januari lalu Pelindo III sempat menyepakati nota kesepahaman dengan beberapa perusahaan logistik swasta, salah satunya GJT. Pelindo III semula berencana akan mengakuisisi saham mayoritas GJT. Faruq menjelaskan, Pelindo III sebagai perusahaan pelat merah, tetap berpedoman pada asas kehatihatian terhadap potensi risiko yang

dapat timbul. Termasuk risiko akibat akuisisi ini berdasarkan good corporate governance. “Pelindo III melihat beberapa risiko akuisisi termasuk tingkat leverage bisnis untuk target aset, secara komersial tidak menarik,” kata Faruq. Faruq menegaskan, dengan adanya pembatalan tersebut, Pelindo III hanya akan melaksanakan kerja sama sampai dengan kontrak selesai dengan GJT dan tidak memperpanjang masa sewa lahan ditempati. (rep|swm)

OJK Dorong Bank Kecil Tambah Modal Jakarta | Jurnal Asia Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan, pihaknya akan mendorong bank umum kelompok usaha (BUKU) I dan BUKU II untuk melakukan konsolidasi. Salah satunya melalui penambahan modal, guna menjaga stabilitas perbankan di Indonesia. Bank BUKU I ini adalah bank kecil dengan modal inti kurang dari Rp 1 triliun. Sedangkan BUKU II adalah bank-bank dengan modal di atas Rp 1 triliun hingga di bawa Rp 5 triliun. Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Heru Kristiyana menilai, melalui penambahan modal maka struktur pendanaan, bank akan semakin kuat serta dapat mendorong bank tersebut untuk naik kelas. “Kami ingin bank-bank BUKU I dan II semakin besar, sehingga kami dorong untuk tambah modal (merger dan akuisisi) ya, sehingga pertumbuhannya tidak stagnan dan tidak berkontribusi,” ujarnya, akhir pekan kemarin Bahkan OJK menjelaskan, bila bank tersebut memungkin untuk melakukan

merger maka pihaknya akan sangat mendukung langkah tersebut, agar jumlah bank di Indonesia menjadi lebih ramping. Menjawab hal tersebut, sejumlah bank kecil pun sepakat untuk melakukan penambahan modal guna mendorong ekspansi. Salah satunya, PT Bank MNC Internasional Tbk yang dalam ke terbukaannya akan melakukan penawaran umum terbatas (rights issue) dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD). Nilainya mencapai maksimal Rp 489,63 miliar. Bank MNC nantinya akan melepas sebanyak-banyaknya 4,89 miliar saham biasa atau atas nama senilai Rp 22,22 dari modal yang ditempatkan dan disetor penuh perusahaan dengan nilai nominal Rp 100 per saham. Rencananya, HMETD tersebut akan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan dilaksanakan selama 10 hari kerja mulai tanggal 12 Juni 2018 sampai 2 Juli 2018 mendatang. Direktur Utama Bank MNC Benny Purno menjelaskan, nantinya dana ter-

sebut utamanya akan dipakai untuk memperkuat permodalan dan penyaluran kredit perseroan tahun ini. “Di RBB (rencana bisnis bank) ada rencana rightws issue sekitar Rp 400 miliar sampai Rp 450 miliar untuk utamanya memperkuat permodalan dan penyaluran kredit,” ujarnya Sementara PT Bank Dinar Indonesia Tbk juga akan melakukan aksi korporasi tahun ini. Direktur Utama Bank Dinar Hendra Lie menjelaskan tahun ini diharapkan proses akuisisi dan merger akan selesai pada pertengahan tahun. APRO yang juga memiliki 77,3% saham Bank Dinar sudah berniat menggabungkan Bank Oke dengan Bank Dinar sejak tahun lalu. Nantinya bank yang akan menjadi surviving company terkait penggabungan ini adalah Bank Dinar. Sebagai informasi saja, saat ini kondisi rasio kecukupan modal atau capital adequacy ratio (CAR) BUKU I masih cukup tebal di posisi 21,18% per Januari 2018. Sementara BUKU II sebesar 26,45% di awal tahun ini berdasarkan statistik perbankan yang dirilis oleh OJK. (oncm| swm)


senin 16 april 2018

11

SAMBUNGAN

Wakapolri Ancam Copot Kapolda Gagal Berantas Miras Jakarta | Jurnal Asia Masing­masing Kapolda dan jajarannya diperintahkan memberantas peredaran minuman keras jelang ramadan. Wakapolri Komjen Syafruddin tak ingin masyarakat kembali menjadi korban karena miras oplosan. “Saya ultimatum bahwa segera selesaikan. Kalau dia tidak serius ya kita ganti,” tegas Syafruddin di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu, 15 April 2018. Mereka diberi waktu menyelesaikan masalah tersebut sebelum ramadan tiba. Jenderal bintang tiga itu mengultimatum Kapolda dan Kapolres tegas dan serius mengatasi peredaran

miras. Ia tak ingin kekhusyukan dan kesucian ramadan ternoda. Segala aktivitas di bulan suci harus diisi dengan kegiatan keagamaan. “Nanti mengganggu ya orang mau beribadah terus ada isu miras, bulan ramadan isinya agama semua, isunya isinya rohani,” jelas Syafruddin. Miras oplosan kembali marak. Puluhan jiwa meninggal dunia akibat menenggak minuman keras tersebut. Polri serius menangani kasus ini karena diduga tak hanya terjadi di satu wilayah. Aparat mengkhawatirkan kasus serupa juga terjadi di berbagai daerah Indonesia. (mtv/put)

DMI: Jangan................................................... “Tonggak sejarah bangkitnya ekonomi Islam dari masjid. Kami atas nama pimpinnan pusat DMI, kami menyampaikan apresiasi acara ini. Ini melambangkan generasi muda Islam yang berikhtiar nyata membangun pilar, dan mendukung pembangunan negara,” kata Sayfruddin Wakapolri ini juga mendukung agar pemuda Islam banyak menggunakan masjid untuk kegiatan yang bermanfaat. Menurutnya, peran pemuda penting untuk memberdayakan masjid. “Diharapkan selalu masjid bangkit

untuk pusat pemberdayaan ekonomi. Yang akan akan menjadikan masjid sebagai pusat untuk sebagai daya saing masyarakat,” jelasnya. Syafruddin menuturkan kegiatan pemberdayaan ekonomi sangat penting untuk menarik pemuda ke masjid. Dia mengatakan pemuda Islam bisa ditarik ke masjid dengan kegiatan­ kegiatan yang menarik. “Generasi muda perlu diberi intensif sosial dan ekonimi. Sehingga bisa dekat dengan masjid,” jelasnya. (dtc/put)

Sibuk Bukan ................................................... “Anak saya ada yang di Jakarta dan di Medan. Tentunya dengan komunikasi yang baik diharapkan anak­anak tidak akan terjerumus dengan pergaulan bebas meski jauh dari orang tua. Intinya sih saling percaya,” ujar wanita cantik ini. Kebiasaan baik seperti ini, kata wanita yang hobi traveling tersebut, harus ditanamkan sedari kecil. Dengan begitu, sifat peduli dan menghormati sesama saudara ataupun keluarga akan dibawa hingga dewasa bahkan saat membina keluarga sendiri. Menurutnya, berhasilnya sebuah

keluarga bukan hanya tanggung jawab seorang ibu, tetapi peran ayah dalam membimbing juga sangat dibutuhkan. Keduanya harus saling mengerti dan bersama­sama melakukan tanggung jawab. “Bukan hanya ibu yang harus meluangkan waktu dan berkomunikasi dengan anak­anak, namun seorang ayah juga perlu melakukan itu. Bisa membagi waktu antara keluarga dan pekerjaan sehingga anak­anak tidak akan menjauh dan merasa nyaman serta akrab dengan ayahnya juga,” pungkasnya. (netty/put)

KPU Sumut .................................................... Hal ini disampaikan oleh Komisioner KPU Divisi Sumber Daya Manusia dan Hubungan Partsipasi M a s y a r a k a t , Yu l h a s n i k e p a d a wartawan, Sabtu (14/4). Menurutnya ada beberapa perlombaan yang digelar KPU yaitu Festival Pilgubsu 2018 dalam usaha melibatkan warga net dalam sosialisasi pelaksanaan tahapan Pilgubsu 2018. Dalam Festival Pilgubsu 2018, ada empat jenis lomba yang memperebutkan hadiah jutaan rupiah. Adapun keempat lomba tersebut adalah lomba foto, pemilihan duta netizen, lomba band, dan lomba stand up comedy. “Festival Pilgubsu 2018 dilak­ sanakan selama satu bulan penuh, dimulai pada 4 April hingga akhir April,” ujar Yulhasni. Lanjutnya, Duta

Netizen ini diharapkan dapat menjadi perpanjangan tangan KPU Sumut dalam menyosialisasikan tahapan pelaksanaan Pilgubsu kepada masyarakat, khusus di media sosial. Sosialisasi di media sosial juga harus digencarkan sebab para pemilih pemula dan pemilih pemuda yang ada di Sumut pada umumnya telah memiliki telepon pintar. Duta netizen yang terpilih nanti bertanggung jawab untuk menjadi rekan KPU dalam menyebarluaskan informasi terkait proses pelaksanaan Pilgubsu. Duta netizen ini nantinya akan melaksanakan sosialisasi di media sosial dengan konten yang semenarik mungkin. “Anak­anak muda zaman now ini pasti kreatif sehingga bisa membuat konten yang menarik juga,” tutupnya. (bowo/put)

2.000 Warga Marelan Hidup di Garis Kemiskinan Dapat Bantuan Sembako Medan | Jurnal Asia Wali Kota Medan Drs H T dzulmi Eldin S MSi membagikan paket sembako kepada 2.000 warga kurang mampu di Lapangan Sepakbola Pasar V Jalan Kapten Rahmad Budin, Kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan, Minggu (15/4). Paket sembako yang dibagikan itu merupakan hasil kerjasama Pemko Medan dengan Monspace Indonesia. Sebelum pembagian sembako dilakukan, Wali Kota menyampaikan apresiasinya kepada Monspace Indonesia atas bantuan sembako yang diberikan. Dia yakin bantuan yang diberikan itu

sangat membantu warga kurang mampu di Kecamatan Medan Marelan dalam memenuhi kebutuhannya sehari­hari. Jika monspace berkembang, Wali kota yakin akan berdampak positif kepada masyarakat. “Kalau hari ini Monspace Indonesia memberikan bantuan paket sembako, kita harapkan setelah perusahaan ini maju dan berkembang tentunya dapat memberikan bantuan yang lebih besar dan bermakna lagi seperti modal usaha,” kata Wali Kota. Apabila modal usaha yang diberikan tersebut dapat dipergunakan dengan sebaik­baiknya, maka Wali Kota yakin

Tahun politik bisa Jegal Efek Positif Kenaikan Rating RI Jakarta | Jurnal Asia Menyusul kenaikan Sovereign Credit Rating (SCR) Indonesia oleh Moody’s per 13 April 2018, Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) optimistis arus dana asing akan semakin mudah didapat. Namun, adanya kampanye politik di tahun ini membuat API urung menyegerakan ekspansi bisnis. Ketua Umum API, Ade Sudrajat, mengatakan, pihaknya mengapresiasi kenaikan rating utang Indonesia. Pemerintah dinilai sudah baik dalam mengelola keuangan negara. Pemerintah juga dinilai telah mengolah regulasi makroekonomi yang baik dan kondusif dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi. “Ini jelas sebuah prestasi. Sekarang tinggal bagaimana meningkatkan ekonomi dalam negeri, untuk ekspor,” katanya. Kendati begitu, momen ini tidak serta merta membuat pemerintah dan swasta berlomba­lama dalam utang. Terlebih untuk swasta, adanya peraturan Bank Indonesia (BI) Nomor 16/21/PBI/2014 tentang prinsip Kehati­hatian dalam Pengelolaan Luar Negeri Korporasi Nonbank (KPPK) menjadi alasan tersendiri untuk tidak segera meminjam dana asing. “Dilihat kebutuhannya. Sekarang ada aturan dari BI yang mengatur swasta untuk tidak seenaknya pinjam dana luar negeri,” jelasnya. Regulasi tersebut memang terbukti ampuh meredam tren utang luar negeri swasta. Per kuartal IX 2016, utang luar negeri hanya tumbuh 5,6% dari kuartal IX 2010 hingga 2014 yang biasanya dapat mencapai 17,9%. Selain itu, Ade juga mengatakan adanya kampanye politik menyongsong Pemilu dan Pilkada menjadi faktor lain sektor tekstil urung meminjam dana asing di tahun ini. (kc/put)

sembako akan datang dengan sendirinya. Oleh karenanya Wali Kota ingin sinergitas dengan Monspace Indonesia terus berlanjut dan memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama warga kurang mampu. “Saya ucapkan terimakasih ke­ pada Monspace Indonesia atas ke­ pe duliannya kepada masyarakat Kota Medan, terutama warga kurang mampu. Tentunya kita berharap seiring berkembangnya monspace di Kota Medan semakin memberikan dampak positif kepada masyarakat,”harapnya. (put)

Mafia Pangan Mulai Dipelototi Jakarta | Jurnal Asia Polri memantau pergerakan harga kebutuhan pokok jelang ramadan. Wa k a p o l r i K o m j e n S y a f r u d d i n menegaskan pihaknya memantau pergerakan maia pangan. Syafruddin menjelaskan harga bahan pokok cenderung naik men­ jelang puasa. Fenomena meroketnya harga harus segera diantisipasi. “Oleh karena itu kita siapkan operasi untuk nangkap mafia,” ka­ ta Syafruddin di Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu, 15 April 2018. Menekan harga bahan pangan, kata Syafrudin, menjadi ukuran kesuksesan Polri dalam operasi lebaran tahun ini. Polri juga menyiapkan pengamanan mudik. Petugas harus bisa menekan angka kecelakaan saat arus mudik maupun arus balik Lebaran 2018. Syafruddin menjelaskan pihakknya menggunakan skema tak jauh berbeda dari tahun kemarin. Sepeda motor dianjurkan diangkut dengan kapal laut atau kereta api. (mtv/put)

Pelunasan Biaya........................................................................................ Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama, Ahda Barori, me­ ngatakan dana tersebut disetorkan ke rekening atas nama Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) melalui bank setoran BPIH yang ditunjuk BPKH. “Pelunasan BPIH bagi jamaah haji regular dan Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) dilaksanakan serentak pada tanggal tersebut,” katanya seperti dikutip dari situs resmi Kemenag, Minggu (15/4). Menurutnya, pelunasan BPIH tahap pertama akan dimulai 16 April sampai dengan 4 Mei 2018, diperuntukkan bagi jamaah yang melakukan pelunasana BPIH tahun 1438 H/2017 M atau tahun sebelumnya yang menunda keberangkatan. Dia juga menjelaskan Pelunasan tahap pertama juga berlaku bagi jemaah yang masuk dalam kuota haji 1439 H/2018 M yang belum pernah berhaji dan telah berusia 18 tahun atau sudah menikah Jika sampai berakhirnya masa pelunasan tahap pertama masih ada sisa kuota, lanjutnya, maka akan dibuka pelunasan tahap kedua. Pelunasan

tahap kedua dibuka pada 16­25 Mei 2018. Adapun pelunasan tahap kedua tersebut diperuntukkan bagi calon jamaah dengan kriteria tertantu yaitu : Pertama, jamaah yang mengalami kegagalan sistem pada pelunasan BPIH tahap pertama. Kedua, berstatus pernah berhaji yang telah berusia 18 tahun atau sudah menikah Ketiga, pengajuan penggabungan suami/istri atau anak kandung/orang tua terpisah yang salah satunya telah melunasi di tahap pertama. Keempat, pengajuan lanjut usia minimal 75 tahun yang dapat disertai dengan 1 orang pendamping Kelima, cadangan yang berasal dari jamaah haji yang berhak lunas tahun 1440 H/2019 M sebanyak 5%. Adapun kuota jamaah haji Indonesia tahun 1439 H/2018 M berjumlah 221.000 orang yang terdiri dari 204.000 jemaah haji reguler dan 17.000 kuota jamaah haji khusus. Biaya Haji per Embarkasi Adapaun besaran BPIH jemaah haji reguler per embarkasi ialah: (1) Embarkasi Aceh sebesar

Rp31.090.010, (2) Medan Rp31.840.375, (3) Batam Rp32.456.450, (4) Padang Rp33.068.245, (5) Palembang Rp33.529.675, serta (6) Jakarta (Pondok Gede) Rp34.532.190 dan (7) Jakarta (Bekasi) Rp34.532.190. Selanjutnya (8) Embarkasi Solo sebesar Rp35.933.275, (9) Surabaya Rp36.091.845, (10) Banjarmasin Rp38.157.084, (11) Balikpapan Rp38.525.445, (12) Makassar Rp39.507.741, dan (13) Embarkasi Lombok Rp38.798.305. Sedangkan besaran BPIH bagi TPHD per embarkasi adalah : (1) Embarkasi Aceh sebesar Rp58.796.855, (2) Medan Rp59.547.220, (3) Batam Rp60.163.295, (4) Padang Rp60.775.090, (5) Palembang Rp61.236.520, serta (6) Jakarta (Pondok Gede) Rp62.239.035 dan (7) Jakarta (Bekasi) Rp62.239.035. Kemudian (8) Embarkasi Solo sebesar Rp63.640.120, (9) Surabaya Rp63.798.690, (10) Banjarmasin Rp65.863.929, (11) Balikpapan Rp66.232.290, (12) Makassar Rp67.214.586, dan (13) Embarkasi Lombok senilai Rp66.505.150. (bc/put)


12

senin 16 april 2018

KULINER Hormati Leluhur

YSPP Gelar Sembahyang Cheng Beng dan Pho Tho Medan | Jurnal Asia Yayasan Sad Putra Persada (YSPP) Medan melakukan ritual sembahyang Cheng Beng sebagai rasa bakti kepada leluhur di gedung YSPP Jalan Pancur Batu No 4 Medan, Minggu (15/4). Pada kesempatan tersebut juga digelar sembahyang Pho Toh untuk memberikan persembahan kepada arwah yang tidak memiliki keluarga yang dipimpin Ketua Locu, Ong Ce Him (Alwin). Sembahyang tersebut dihadiri Ketua Umum YSPP Tongariodjo Angkasa Ginting SE,MBA,MM,MSc, Wakil Ketua Harian Usman Anwar dan Ang Tjo. Kemudian sejumlah pengurus yayasan diantaranya, Eddy Angkasa, Indra Ang, Ang Ting Cie, Wakil Ketua Locu Ang Jok Poh dan lainnya. Ketua Locu, Ong Ce Him mengatakan, etnis Tionghoa di Indonesia masih tetap menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaan terutama adat menghormati orang tua dan leluhur. Berbakti tak hanya dilakukan pada saat orang tua masih hidup tetapi

Jurnal Asia | Netty SembaHyang CHeng beng. Ketua Umum YSPP Tongariodjo Angkasa Ginting SE,MBA,MM,MSc bersama pengurus, penasehat YSPP melakukan sembahyang leluhur di lantai 4 gedung YSPP, Minggu (10/4). juga saat mereka sudah tiada. “Sembahyang ini merupakan tradisi tahunan yang sudah melekat sejak dulu dan akan terus dipertahankan hingga

anak cucu. Kami terus menjaga tradisi agar tidak tergerus oleh zaman,” katanya. Ia melanjutkan, sembahyang Cheng

Jurnal Asia | Netty PHo THo. Ketua Umum YSPP Tongariodjo Angkasa Ginting SE,MBA,MM,MSc melakukan sembahyang Pho Tho di halaman YSPP.

Beng ini, rutin dilakukan penerus enam marga diantaranya marga Ang (Hong), Jiang, Weng, Fang, Wang dan Khong pada saat bulan Cheng Beng yang

biasanya jatuh pada tanggal 5 April, 10 hari sebelum dan sesudah pada setiap tahunnya. Menurut kepercayan, Cheng Beng adalah bulan yang baik untuk mendoakan arwah leluhur. Selain sembahyang Cheng Beng, tambahnya, juga dilaksanakan sembahyang Pho Tho. Ritual ini dilaksanakan untuk arwah yang mungkin masih menghadapi masalah di akhirat dan membantu jalan ke surga. Sembahyang ini menolong arwah-arwah yang masih mempunyai hu bungan ke luarga maupun yang ti dak ada hubungan keluarga agar membantu atau meringankan serta membahagiakan arwah. “Kita berharap agar arwah tersebut dapat lebih damai lagi serta hidup dialam bahagia,” tandasnya. Pada ritual sembahyang ini disajikan persembahan berupa makanan dan minuman serta buah-buahan. Usai melakukan sembahyang leluhur dan sembahyang Poh Tho bersama kemudian membakar kertas perak atau kertas emas (“uang kertas”). (netty/van)

Jurnal Asia | Netty KerTaS SembaHyang. Ketua Umum YSPP Tongariodjo Angkasa Ginting SE,MBA,MM,MSc bersama pengurus membakar kertas sembahyang.

Perhimpunan INTI Rayakan HUT ke-19 Medan | Jurnal Asia Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Medan dan Sumatera Utara menggelar perayaan ulang tahun yang ke-19 dengan tema ‘Kita Telah Bersama Melangkah, Jangan Biarkan Terhenti’. Acara itu dihelat secara sederhana di Sekretariat Bersama INTI Sumut di Komplek CBD Polonia, Medan. Tampak hadir, Wakil Ketua INTI Pusat, dr Indra Wahidin, Sekretaris INTI Sumut Tomi Wistan, Bendahara Linda Setiawan, Ketua INTI Medan Janlie SE Ak, Ketua Perempuan INTI Sumut Nurni Anggsanah, Penasehat Juswan Tjoe, dan sesepuh Ardjan Leo. Sejumlah Pengurus Generasi Muda (GEMA) INTI Sumut dan Medan juga terlihat hadir. “Kami sengaja menggelar acara ulang tahun ini dengan sederhana, internal agendanya cuma makan malam bersama serta sedikit nasihat dan motivasi dari sesepuh dan pendiri serta penasehat. Kami berharap ini bisa memberi makna bahwa kesederhanaan tak mengabaikan kekompakan,” kata Sekretaris Tomi Wistan.

Frasa kekompakan itulah yang membuat INTI mengusung tema “Kita Telah Bersama Melangkah, Jangan Biarkan Terhenti”. Artinya, sambung Tomi, kekompakan yang sudah terjalin selama 19 tahun jangan berhenti begitu saja, teruslah dipertahankan untuk melakukan kebajikan, sosial sebagaimana garis disiplin organisasi. Sementara itu, Wakil Ketua INTI Pusat dr Indra Wahidin mengatakan, Perhimpunan INTI di Sumatera Utara dan Medan telah menoreh prestasi yang membanggakan. Namun demikian, dalam perjalanan 19 tahun itu, ia mengaku tidak semuanya sempurna. “Tentu sebagai manusia biasa, pengurus, simpatisan dan para kader memiliki kelemahan. Namun, kelemahan itu harus diatasi agar organisasi ini semakin solid dan kuat,” ucapnya. Dalam perhelatan ulang tahun itu, Ardjan Leo mewakili sesepuh INTI memberikan motivasi. Ia membeberkan sejumlah kinerja INTI sejak awal berdirinya sehingga mendapat pengakuan dari Pemko

Medan maupun Pemprovsu. “Seperti turun tangannya INTI pada musibah tsunami di Aceh dan Nias, gempa bumi di Yogyakarta,

Gempa di Jakarta dan lainnya. INTI juga berperan penting dalam membentuk sejumlah sister city, antara lain MedanGuang Dong, Deli Serdang-Shanwei

City, Sumut–Guang Dong. Ke depan, Ilustrasi pengurus harus memikirkan peluang yang baik mengembangkan INTI agar semakin maju,” ungkapnya. (netty/van)

Jurnal Asia | Netty HUT ke-19. Perhimpunan INTI Medan dan Sumut menggelar perayaan ulang tahun yang ke-19 di Sekretariat Bersama INTI Sumut di Komplek CBD Polonia, Medan.


senin 16 april 2018

13

SEREMONI

PRSB Cari Figur Pemimpin Batak Medan | Jurnal Asia Pasca pengukuhan dan pelantikan pengurus rumpun marga Pomparan Raja Silahisabungan dohot Boruna (PRSB) provinsi Sumut, organisasi yang menghimpun delapan komunitas marga atau ‘Siwalu Turpuk’ menggelar Musyawarah Kerja Daerah (Muskerda)-I, kemarin. Agenda tersebut mencari pemimpin dari kalangan tokoh marga atau orang Batak. Ketua PRSB Sumut, Ir Asner Silalahi MT mengatakan, peranan dan penampilan orang Batak dari kalangan marga Silahisabungan dalam tatanan perkumpulan orang Batak maupun pergaulan publik di sektor pemerintahan dan dunia usaha, selama ini terbilang lumayan dan signiikan. Sehingga perlu digalang dan didorong untuk tampil lebih kontributif dan diperhitungkan di masa mendatang. “Ke depan tentu kita perlu meningkatkan peran agar tampil

sebagai ketua atau pemimpin dalam setiap kegiatan atau berbagai forum orang Batak. Cepat atau lambat, kami yakin sosok atau figur orang Batak pemimpin akan muncul dari rumpun Siwalu turpuk Silahisabungan ini,” katanya disaksikan pengurus dan penasehat AKBP Hiotman Silalahi, Pdt Tri Ulina Doloksaribu, St FM Silalahi, St Lismer Tambunan, Gindo Nadapdap SH dan lainnya. Soalnya, ujar Asner, para leluhur Silahisabungan pada zamannya terkenal sangat brilian membuat aturan yang bersifat disiplin pribadi, tatanan hukum dan etos kerja yang terkandung dalam falsafah ‘sagu-sagu marlangan’, ‘batu sigadap’ dan ‘batu sijonjong’. Lagi pula, tegas Asner, potensi bahwa keturunan PRSB berpeluang besar sebagai calon atau igur pemimpin. Ia melanjutkan, marga ‘Siwaluturpuk’ memiliki kultur-historis berupa 33 unit atau jenis gondang Batak

(Gondang Silahisabungan), ulos khusus yang lebih sering disebut ‘Ulos Silahi’ dan lainnya. Hal itu wajib ditampilkan dalam acara atau pesta kebesaran yang harus dihadiri delapan marga yakni, Sihaloho (Loho Raja), Situngkir (Tungkir Raja), (Sondi Raja), Sinabutar (Butar Raja), Sidebang (Debang Raja), Pintubatu (Batu Raja), dan Tambunan (Tambun Raja). Silahisabungan juga punya peninggalan istimewa yang khas sebagai situs adat yang penuh nilai budaya dan sejarah maupun kearifan lokal. Sejumlah objek dan situs kuno ini akan kita ajukan ke badan dunia UNESCO agar terdaftar sebagai objek warisan budaya skala internasional dari Indonesia, khususnya dari Sumatera Utara atau Tanah Batak. “Pada tahap awal, kita siapkan agenda kerja sama dengan pemerintah daerah dan badan otorita pariwisata Danau Toba,” ujarnya. (netty/van)

Siapkan Rp 1 Triliun

Kementan Sebar 1.000 Alat Pengering Padi Jakarta | Jurnal Asia Kementerian Pertanian (Kementan) merevisi anggaran 2018 agar fokus membantu petani miskin. Salah satu hasilnya, dialokasikan anggaran sebesar Rp 1 triliun untuk membeli 1.000 dryer atau alat pengering pasca panen. Anggaran yang dialokasikan untuk membantu petani memiliki dryer ini dilakukan Kementan atas arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) disaat kunjungan ke daerah dan bertemu para petani. Amran bercerita bahwa Jokowi mendapat permintaan dari para petani agar disediakan alat pengering pasca panen. Maka dialokasikan dana sebesar itu untuk dryer yang dibagikan tahun ini. “Intinya kami revisi anggaran sesuai arahan Pak Presiden. Banyak masyarakat minta dryer pasca panen di lapangan. Atas arahan Pak Presiden kami sudah revisi anggaran kurang lebih Rp 1 triliun untuk dryer,” lanjutnya.

Seiring upaya pemerintah memacu produktivitas hasil pertanian maka juga perlu disediakan alat pengering pasca panen supaya kualitas panen lebih bagus dan bisa diserap oleh pasar. “Ini juga sebagaimana permintaan petani disaat pak presiden kunjungan. Alhamdulillah sudah anggaran kami fokus (ke petani miskin),” tambahnya. Untuk diketahui, mulai 23 April mendatang Kementan juga bakal menggelontorkan sebanyak 50 ekor ayam kepada 4 juta keluarga petani miskin di Indonesia secara bertahap. Hal ini sebagai langkah mengatasi kemiskinan di bidang pertanian. “Kita berikan bantuan rencananya 50 ekor ayam 1 rumah, ada juga kambing,” kata Menteri Pertanian Amran Sulaiman di Hotel Mulia, Jakarta Selatan, Minggu (15/4). Selain ayam, Kementan juga akan membagi tanaman holtikultura untuk dibudidayakan oleh petani hingga menghasilkan buah-buahan yang siap dijual oleh mereka. (dc-van)

Jurnal Asia | Ist Ketua Pomparan Raja Silahi Sabungan dohot boru na (PRSB) Provinsi Sumut Ir Asner Silalahi sedang memaparkan sambutan dan progam kerja pada Muskerda I PRSB di Hotel Grand Antares, kemari.

KATA PERENUNGAN When a man governs his rising anger like a chariot going out of control, that is what I call a charioteer. The rest are just holding the reins : Barangsiapa dapat menahan kemarahan yang meletup seperti kusir yang menghentikan kereta yang sedang melaju, dia patut disebut sais sejati, sedangkan kusir – kusir lain hanyalah pemegang tali kendali. KODHA VAGGA XVII : 222

佛法很簡單, 只要去除貪、瞋、癡三毒, 就可以明心見性。 Ajaran Buddha sangat sederhana, hanya perlu menghilangkan tiga racun batin berupa keserakahan, kebencian dan kebodohan, lalu anda akan menemukan kembali sifat hakiki anda yang jernih.

- Kata Perenungan Master Cheng Yen -

~ 摘錄自證嚴上人靜思語 ~


14

senin 16 april 2018

OTOMOTIF

Pakai Mesin 1.500cc

Harga Suzuki Ertiga Terbaru Naik Rp 9 Juta Suzuki Ertgia terbaru dikabarkan menggunakan mesin 1.500cc. Mesin ini memiliki kubikasi yang lebih besar dibanding generasi sebelumnya, 1.400cc. Penambahan kapasitas mesin diduga untuk mengimbangi dimensi Suzuki Ertiga terbaru yang kini lebih bongsor. Suzuki memang memiliki mesin berkapasitas 1.500cc. Mesin itu kini dipakai di Suzuki S-Cross SX4. Mesin ini berkode M15A, dengan kapasitas murni 1.491 cc 4 silinder. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga 109 dk pada 6.000 rpm dengan torsi 138 Nm pada 4.400 rpm. Mesin M15A ini menggunakan bahan aluminimum yang dapat menghasilkan torsi merata pada saat putaran mesin rendah. Suzuki mengklaim performa mesin prima dan irit bahan bakar. Opsi kedua, Suzuki melakukan bore up pada mesin K14B (digunakan di Suzuki Ertiga yang saat ini dipasarkan). Mesin lama ini cukup handal karena banyak digunakan pada beberapa jenis mobil Suzuki. Tentu soal eisiensi dan konsumsi bahan bakar sudah teruji saat dipasangkan dengan Suzuki Ertiga versi lama. Peningkatan kapasitas ini

diduga meningkatnya dimensi Ertiga baru. Suzuki Ertiga anyar dengan mesin baru dan desain baru ini tentu akan berdampak harga jual yang lebih tinggi dibanding model sebelumnya. Suzuki Indomobil Sales memang belum mengeluarkan harga resmi untuk mobil yang bermain di segmen Low MPV bersaing dengan Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Honda Mobilio ini. Meski demikian, seorang sales mobil Suzuki memberikan bocoran terkait kisaran harga jual Suzuki Ertiga terbaru. Sales yang mengaku dari sebuah dealer Suzuki di kawasan Jakarta Selatan itu menuturkan bahwa harga termahal Suzuki Ertiga sekitar Rp 240 juta. Harga ini lebih mahal Rp 9 juta dibanding Suzuki Ertiga tipe tertinggi (GX AT ABS Rp 231 juta) yang saat ini dipasarkan. Sementara itu, tipe terendah Ertiga yang saat ini dipasarkan adalah tipe GA Rp 190 juta. “Suzuki Ertiga sudah bisa booking, pak. Tanda jadi Rp 5 juta,� tulis sales itu yang enggan disebutkan namanya melalui pesan

singkat WhatsApp, kemarin. Menurut sales itu, Suzuki Ertiga terbaru akan diluncurkan di pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) pada 19-29 April 2018. Petinggi Suzuki Indonesia masih menutup rapat mengenai informasi detail Ertiga terbaru. Di berbagai kesempatan, Deputy Managing Director 4Wheel PT

SIS, Setiawan Surya, mengatakan tampilan Suzuki Ertiga akan berubah mengacu pada survei terhadap selera konsumen di Indonesia. Meski Suzuki Ertiga akan mengalami major change namun Ertiga baru tetap menggunakan platform mesin yang telah digunakan Suzuki Ertiga saat ini. “Karena itu mesin yang sudah

baru, yang andal,� tambahnya. Ada kemungkinan besar mesin baru menggunakan platform sama hanya naik kapasitas. Saat ini, Suzuki Ertiga dibekali mesin berkapasitas 1.373 cc (1.4-liter) dengan tipe mesin K14B, yang mampu menghasilkan tenaga 92 ps/6.000 rpm, dan torsi maksimum 130 Nm/4.000 rpm. (tc/hut)

Nissan Serena S-Hybrid Meluncur di Malaysia

Volkswagen Polo Terbaru Siap Meluncur SALAH satu mobil terlaris di dunia, Volkswagen Polo, sudah masuk generasi ke-6. Versi terbarunya meluncur di Berlin 16 Juni lalu. Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 yang berlangsung 19-29 April di JiExpo, Kemayoran, Jakarta, menjadi saksi penampilan perdananya di negeri batik. Mobil yang telah terjual lebih dari 14 juta unit di seluruh dunia ini, datang dengan tampilan yang lebih sporty dibanding sebelumnya. Menjadikan Polo semakin terlihat layaknya versi mini dari hatchback andalan VW, Golf. Dimensinya pun membesar. Ia lebih panjang 81 mm, lebih lebar 69 mm dan lebih tinggi 7 mm dari sebelumnya. Jarak sumbu roda memanjang 78 mm memberikan ruang kabin yang lebih lega. Di Eropa, mobil ini ditawarkan dalam beberapa pilihan mesin. Mulai dari mesin 1,0 liter turbo, 1,5 liter TSI sampai mesin diesel 1,6 TDI. Cuma sepertinya untuk pasar Indonesia, Polo memakai mesin 1,0 liter TSI. Mesin ini ada dua macam, satu bertenaga 95 PS dan satunya lagi bertenaga 115 PS. Entah yang mana yang dibawa ke IIMS. Pastinya, transmisi yang digunakan otomatis 7-speed DSG. VW Polo baru sudah berdiri di atas platform modular MQB (Modularer Querbaukasten). Rancang bangun struktur rangka yang juga menjadi pondasi bagi mobil-mobil terbaru Volkswagen Group lainnya. Chassis ini punya konstruksi untuk mesin dengan konigurasi melintang di depan dengan sistem penggerak roda depan (front wheel drive). Audi TT generasi terbaru, salah satu dari pengguna platform ini. Jadi seharusnya tak usah diragukan lagi bagaimana kualitas berkendara dan kenyamanan Polo. Meski menjadi mobil termurah keduanya di dunia setelah VW Up, Polo ternyata dibekali itur yang terbilang mewah. Misalnya, virtual cockpit berupa layar instrumen digital di balik kemudi. Mobil mewah sekalipun, belum banyak yang memakai panel instrumen digital seperti ini. Entah apakah itur itu dipakaikan pada Polo untuk Indonesia atau tidak. Fitur keselamatan yang diusung mobil baru ini sangat lengkap. Mulai dari city emergency braking, blind spot monitoring system sampai park assist. Fitur hiburannya dibekali sistem multimedia layar sentuh yang audionya dikeluarkan oleh Beats audio system berdaya 300 Watt. Berapa harga pesaing Mazda2 ini di Indonesia? Tunggu peluncurannya di 19 April! (lp6/hut)

Edaran Tan Chong Motor (ETCM) telah merilis rincian lengkap Nissan Serena S-Hybrid terbaru, MPV 7-seater ini akan tersedia dalam versi Highway Star dan Premium Highway Star. Dilansir dari paultan.org, Sabtu (14/4), Serena S-Hybrid menggunakan mesin bensin MR20DD 2.0 Liter directinjection yang menghasilkan tenaga 150 PS pada 6.000 rpm dan 200 Nm pada 4.400 rpm transmisi CVT Xtronic. Mobil ini dilengkapi dengan dualarm tensioner baru untuk mereduksi tegangan pada arm belt dan meningkatkan eisiensi bahan bakar. Di sampingnya bekerja motor listrik ECO 2,6 PS/ 48 Nm yang menggantikan motor starter, mengontrol Idling Stop System dan regenerasi energi. Motor listrik ini juga menawarkan bantuan percepatan kedalam bantuan torsi yang memberikan dorongan 50 Nm ketika hendak bergerak dari posisi diam.

Untuk konsumsi bahan bakar, pihak Nissan mengklaim Serena menghabiskan 14,2 kilometer per liter pada European NEDC cycle. Pada bagian luar Serena mempunyai desain yang lebih khas dibandingkan sebelumnya, dengan head-lamp dua tingkat, grill berbentuk V yang ekspresif, lampu ekor vertikal, serta pilar A dan D yang diwarnai hitam pekat sehingga memberikan kesan atap yang mengambang. Interior yang tampak modern dengan dashbord soft-touch yang dijahit, lat-bottom steering wheel, loating head unit, dan panel instrumen digital yang menampilkan layar multi-info 7 inci. Tidak seperti Serena sebelumnya, model baru ini memiliki tujuh kursi dengan kursi kapten dibaris kedua yang dilengkapi dengan arm-rest, dengan demikian baris kedua yang dulunya

bisa di lipat dan digeser kedepan sudah tidak ada lagi. Untuk sisi positifnya, kursi baris pertama dan kedua sudah diberikan teknologi Zero Gravity untuk meningkatkan kenyamanan serta dilengkapi tujuh USB port di sekeliling mobil. Perlengkapan standar seperti lampu LED depan, lampu kabut depan dan belakang, velg alloy 15-inci, keyless entry, push start button, dan auto climate control sudah disematkan pada Serena S-Hybrid. Untuk itur keamanan, semua model hadir dengan enam airbag, pengereman ABS dan EBD, dan stability control. Serena Baru ditawarkan dalam warna Brilliant White, Tungsten Silver, Diamond Black, dan Casmere Gold. Sedangkan Premium Highway Star menambahkan tiga skema warna eksterior two-tone seperti Cashmere Gold dengan atap Imperial Umber serta Tungsten Silver dan Brillian White dengan atap Diamond Black. (tnc/hut)


SENIN 16 APRIL 2018

15

RAGAM foto bersama panita Pemuda Pancasila Desa Tembung, dengan anak yatim dalam rangka memperingati hari besar islam Isra Mi’raj nabi Muhammad SAW 1439 H /2018, Minggu (15/4) siang.

Dinas P3a Kota Solok Gelar Pelatihan Bagi PPrG

Jurnal Asia | hendra

Isra’ Mi’raj Momentum Kebangkitan Islam Ranting PP Desa Tembung Santuni 250 Anak Yatim Medan | Jurnal Asia Memperingati hari besar islam Isra Mi’raj nabi Muhammad SAW 1439 H /2018, organisasi kepemudaan ranting pemuda pancasila (PP) Desa Tembung, Percut Sei Tuan santuni 250 anak yatim, Minggu (15/4) Kegiatan Isra’ Mi’raj diketuai Widi Handoko dan M. Sulaiman selaku ketua panitia juga sekjen dari pemuda pancasila (PP) ranting Desa Tembung itu digelar ditanah lapang Pasar V Gg Salak VII, Desa Tembung, Percut Sei Tuan yang dimulai dari pukul 14,00 WIB hingga selesai. Dalam acara itu, turut mengundang

datang ustadz Aminuddin Yahya SP. DI selaku penceramah dan Kepala Desa (Kades)Tembung, Ketua DPC Gerindra Kab. Deli serdang Zakky Shahri SH, Ketua DPC Nasdem Deli Serdang Erwin, ketua KNPI Percut Sei Tuan dan tokoh masyarakat serta mendapat dukungan dari M. Saii Nasution selaku bendahara PK AMPG Medan Amplas. Disela kegiatan, kepada Jurnal Asia, M. Sulaiman selaku ketua panitia menuturkan bahwa selain memperingati Isra’ Mi’raj yang merupakan hari besar islam setiap tahunnya, juga menyambut kedatangan bulan suci ramadhan. Selain itu, kehadiran organisasi kepemudaan

pemuda pancasila (PP), khususnya ranting Desa Tembung, juga turut berperan aktif dalam kegiatan hari besar keagamaan. Agar terjalinnya hubungan silaturahmi yang baik yang mana kadang segelintir masyarakat salah menilai. “ Kegiatan ini sangat disambut baik oleh masyarakat. Kami pemuda pancasila ranting Desa Tembung juga berbagi rezeki dengan menyantuni anak yatim sebanyak 250 orang. Insya Allah, kegiatan amal ini selalu kita lakukan untuk tahun kedepannya. Namun ditahun sebelumnya, kita sudah melakukan sunatan massal bang,”tutur Sulaiman. (hendra/put)

Info Duka Cita Kota Medan Balai Persemayaman ANGSAPURA | Jl. Waja No. 2-4, Medan | Telp. 7345503-7364202 Blok

Nama

Tutup Usia

Jenis Kelamin

Masuk

Keluar

Waktu

Tempat

Alamat Keluarga

6

I KIU CUNG

83

Lk

13 Apr

16 Apr

13.00

Diperabukan Wan Ning Yuan

Jl. Kasuari Gg. Maya I No. 2 B Medan

7

LIAN SE MIN

70

Lk

14 Apr

17 Apr

14.00

Diperabukan Wan Ning Yuan

Jl. Sudirman Tk. Batam No. 127 Aek Kanopan Jl. Mesjid No. 03 Serbelawan

VIP A - B

96

Lk

15 Apr

19 Apr

08.00

Dikebumikan Serbelawan

VIP C

THE SENG LIE / ALI

89

Lk

14 Apr

17 Apr

15.00

Dikebumikan Sei Mati

Jl. Kpt. Ramarudin Gg. Karmila No. 2 Psr V Marelan

VIP E

CHONG PO LOI

80

Lk

13 Apr

17 Apr

10.00

Dikebumikan Sei Mati

Jl. Selat Panjang No,. 05 Medan

VIP F

NG THIEN FUK

73

Lk

15 Apr

18 Apr

11.00

Diperabukan Tie Cang Tien

Jl. Tapanuli No. 101 B/2E Medan

VIP G

LIE SIU LIEN

78

Pr

13 Apr

16 Apr

13.00

Dikebumikan Bandar Labuhan

Jl. W. Iskandar Komp. Imerial GOR No. 72 Medan

VIP H

TA A TAN

89

Lk

14 Apr

17 Apr

11.00

Dikebumikan K. Durian

Jl. AR Hakim Gg. Dahlia No. 34 Medan

VIP L

TAN HIU CIEN

45

Pr

14 Apr

17 Apr

12.00

Diperabukan Wan Ning Yuan

Jl. Gaperta Komp. Piazza Res Blok E No. 18

BLOK 1, 2, 3, 4, 5, 8, 9, 3A, VIP D, J, K KOSONG

Rumah Duka MEDAN MURNI | Jl. Williem Iskandar No. 321, Medan | Telp. 6621388 Blok

Nama

Tutup Usia

Jenis Kelamin

Masuk

Keluar

Waktu

Tempat

Alamat Keluarga

TULIP A, B, C, D; LAVENDER A. B, C; JASMINE A, B, C, D; ANGGREK A, B, C KOSONG

Harga Iklan Untuk Berita Duka Cita, Turut Berduka Cita dan Ucapan Selamat (Hitam Putih):

Ukuran : 1 halaman Rp. 2.592.000 | 1/2 halaman Rp. 1.296.000 | 1/4 halaman Rp. 648.000 | 1/8 halaman Rp. 324.000 Informasi pemesanan iklan dan penawaran khusus selama masa promosi, silahkan hubungi Ichandra: 0811 6398 989

Solok | Jurnal Asia Dalam rangka percepatan pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG), Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Solok adakan Pelatihan Bagi Tim Penggerak/ Driver Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) yang diadakan di Hotel Grand Zuri Padang, kemarin. Kegiatan yang dibuka langsung oleh Walikota Solok Zul Elfian yang didampingi Kepala Dinas P3A Delfianto,S.Sos dengan nara sumber Widya Iswara Provinsi Sumatera Barat Herita Deri dari Bappeda Provinsi. Kepala Dinas P3A menyampaikan dalam laporannya bahwa PPRG merupakan strategi percepatan pelaksanaan PUG yang berupa instrumen mengatasi adanya perbedaan atau kesenjangan akses, partisipasi, kontrol dan manfaat pembangunan bagi perempuan dan laki-laki dengan tujuan untuk mewujudkan anggaran yang lebih berkeadilan. Walikota Solok dalam sambutannya menyampaikan kondisi kekinian yang dipandang cukup menghambat pelaksanaan PPRG, diantaranya; belum efektifnya komponen pendukung PUG terutama Focal Point PUG di masing-masing OPD; masih minimnya pemahaman perencana yang tergabung sebagai Focal Point dimasing-masing OPD terhadap PPRG;kurangnya ketersediaan data terpilah gender; masih lemahnya pemantauan dan evaluasi pelaksanaan PUG. “Berbagai permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan PPRG perlu dilakukan usaha bersama yang komprehensif melalui penguatan peran dan fungsi Driver PPRG yang terdiri dari Bappeda, Inspektorat, Badan Keuangan Daerah dan Dinas Pemberdayaan Perempuan serta peningkatan kapasitas Focal Point dalam melakukan PPRG”, jelas Wako. “Melalui kegiatan ini saya berharap kedepan dihasilkan program dan kegiatan yang perencanaan dan penganggarannya yang responsif gender melalui dokumen Gender Analysis Pathway (GAB) dan Gender Budget Statement”, harap Zul Elian. (eli/nas)

Bupati Karo Sosialisasi FK3 Empat Pilar Kebangsaan Kabanjahe | Jurnal Asia Kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Pengenalan Peluang Pemberdayaan Masyarakat Perdesaan yang dilaksanakan oleh Forum Kita Kalak Karo (FK3) dihadiri oleh Bupati Karo Terkelin Brahmana,SH didampingi isteri Ny.Sariati Terkelin Brahmana, Asisten 1 Pemerintahan Drs.Suang KaroKaro, Ir.Nasib Sianturi M,si kepala Bappeda, Sarjana Purba STP, MM kadis Pertanian, Ir.Mulia Barus Kadis Parawisata M,si, Abel Tarwai Tarigan ,S.Sos, MT ,Almina Bangun, SH (14/4/2018) di Green Hill Sibolangit Kabupaten Deliserdang. “ Sebagaimana, Empat Pilar Kehidupan Berbangsa adalah Pancasila UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), makna kata bila memiliki peran yang sangat sentral dan menentukan bila Pilar ini tidak “Kokoh atau Rapuh “ akan akibat Robohnya bangunan yang disangganya demikian pula halnya membangun Negara Bangsa membutuhkan Pilar Tiang Penyangga yang kokoh, agar masyarakat merasa nyaman aman tentram dan sejahtera,”kata Bupati Karo saat memberikan sambutan. Sementara Forum Kita Kalak Karo (FK3) Balsatar Tarigan SE, menyebutkan kegiatan Sosialisasi Kehidupan Berbangsa dan Pengenalan Peluang Pemberdayaan Masyarakat perdesaan, ini sebagai bentuk dukungan kerja terhadap Kabupaten Karo, dengan tujuan setiap Desa akan menonjolkan keunggulan yang berpotensial seperti Kopi, Aren, Perhutanan Sosial,Potensi Wisata, ini sebabnya para Kepala Desa kita Undang” katanya. “Tujuannya agar Kepala Desa berkomitmen membangun Pilar yang Kokoh di Desa, mari Tanamkan Nilai-Nilai Kebangsaan dan Bernegara dalam menjalankan tugas, dalam mengelola Dana Desa,sehingga masyarakat merasa ikut memiliki dan punya tanggungjawab dalam berpartisipasi membangun Desanya masing-masing,” tutur Balsatar. (herman harahap/nas)


16

Senin 16 April 2018

sumbagut

Jalan Rusak Berat di Tanjungbalai 25,42 Km Tanjungbalai | Jurnal Asia Walikota Tanjungbalai HM Syahrial DH,MH mengatakan, seiring dengan meningkatkanya pembangunan jalan dibeberapa lokasi di Tan jungbalai masih ada jalan yang mengal;ami rusak berat sepanjang 25,42 km. Kerusakan jalan itu diakibatkan adanya proyek strategis nasional pembuatan pengendalian banjir Sungai Asahan serta adanya bencana bvanjir tahun 2017. Menurut Walikota, pembangunan infrastruktur yang meliputi bidang bina marga dan cipta karya dan pengairan secara umum ditujukan bagi peningkatan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana publik yang meliputi sarana dan Jurnal Asia | sugi

JAJARAN Pemkab Sergai diterpa dukacita, disebabkan Ibunda Tercinta Hj Aslamiyah binti Wirjadi Amir Hamzah, Wabup Darma Wijaya yang akrab disapa Bung Wiwik tutup usia 77 tahun,Minggu (15/4) pukul 02.00 wib

Ibunda Wabup sergai meninggal Dunia Sergai | Jurnal Asia Jajaran Pemkab Sergai diterpa dukacita, disebabkan Ibunda Tercinta Hj Aslamiyah binti Wirjadi Amir Hamzah, Wabup Darma Wijaya yang akrab disapa Bung Wiwik tutup usia 77 tahun,Minggu (15/4) pukul 02.00 wib dinihari telah berpulang kerahmatullah, di rumah duka Wabup Sergai yang bersisian dengan rumah almarhumah, di Desa Dolok Menampang kecamatan Dolok Masihul. Ratusan pelayat hadir tak terkecuali Bupati Sergai H Soekirman dan Ketua TP PKK, Hj Marliah Soekirman,Pj Bupati Batubara H Faisyal Hasyrimi, Ketua DPRD, Kapolres Sergai AKBP Juli Arman E.P. Pasaribu,Dandim 0204/ DS,Kajari Sergai dan lainnya.

Tampak hadir melayat,Cagubsu H.Djarot Syaifullah Hidayat didampingi mantan Walikota Tanjung Balai, Dalimunthe,Tokoh Pemekaran Sergai H.David Purba,Ketua PDIP Sergai Delin Barus yang membanjiri halaman rumah duka tersebut. Bupati Sergai H.Soekirman dalam sambutannya mengatakan,umur manusia itu yang menentukan Allah swt,ada 3 hal yang ramai dikunjungi oleh manusia yakni disaat kelahirannya,disaat melaksanakan perkawinan dan disaat kematiannya. “Saya secara pribadi disampaikan amanah oleh almarhumah,ketika sebelum maju menjadi calon Bupati d a n Wa b u p , d i m a n a a l m a r h u m meminta saya untuk membimbing Pak Wiwik karena saya dianggap lebih tua

dan hal inilah yang menjadi kenangan mendalam bagi saya”,kata Soekirman. Sementara itu,Cagubsu Djarot Syaifullah Hidayat dalam sambutannya mengucapkan turut berduka cita yang dalam,tetapi dalam hal ini Allah swt lebih sayang kepada almarhum ketimbang kita dan keluarganya.”Sebagai anak manusia yang tidak terlepas dari sifat baharu,kita hanya mampu mendo’akan agar almarhum diterima disisiNYA sesuai amal ibadahnya,dan kepada Keluarga Pak Wabup Darma Wijaya secara pribadi saya mengucapkan turut berdukacita yang sedalam-dalamnya,semoga keluarga khusnul khotimah”,ucap Djarot Syaifullah dengan mata berkaca-kaca. (sugi/nas)

prasarana jalan, kesehatan,pendidikan peribadatan,lingkungan, jaringan irigasi, pengelolaan dan pembangunan sumberdaya air serta perencanaannya. Oleh karenaya, anggaran untuk pembangunan bidang pekerjaan umum dan penataan ruang pada Tahun Anggran 2017 lalu sebesar Rp 84.407.290.915 miliar dan trealisasi sebesar Rp 76.357.768.752 miliar atau 90,46 persen. Beberapa hasil capaian yang diperoleh yakni terlaksananya pembangunan jalan baru sepanjang 3,08 km dan bertambahnya panjang jalan dengan konstruksi hotmix sepanjang 1,99 km menjadi 106,78 km dibandingkan tahun 2016 sepanjang 104,79 km. (sad/nas)

Anggaran Pendidikan Tanjungbalai 21,65 Persen Tanjungbalai |Jurnal Asia Secara umum anggaran dana pendidikan Kota Tanjungbalai mencpai 21,65 persen yang artinya sudah melebihi dari 20 persen dari APBD sebagaimana yang dioamanatkan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Walikota Tanjungbalai HM Syahrial SH MH mengungkapkan hal itu pada rapat paripurna di gedung dewan, belum lama ini. Dijeklaskannya, program dan kegiatan bidang pendidikan di Tanjungbalai ditujukan pada peningkatan kualitas pendidikan dengan sasaran meningkatkan harapan lama sekolah,rata-rata lama sekolah, kemudian meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) dan Angka Partisipasi Murni (APM) tingkat SD/MI dan SMP/MTs serta peningkatan pelayanan manajemen pendidikan. Beberapa hasil pelaksanaan program dan kegiatan bidan g pendidikan tahun 2017 telah dapat

mendukung pencapaian sasaran pembangunan bidang pendidikan dian taranya, tercapainya angka harapan lama sekolah sebesar 12,41 persen, rata-rata lama sekolah 9,13 persen, tercapainya APM SD sebesar 67,85 persen, APM MI 8,30 persen,APK SD 79.64 persen,APK MI 18.9 persen,APM SMP sebesar 48,39 persen,APM MTs 15.84 persen,APK SMP 79.30 persen dan AP:K MTs 48,39 persen, dan tercapainya rata-rata angka kelulusan 99,00 persen serta tersedianya sarana dan prasarana perpustakaan didaerah dan sekolah.”jelas Walikota. Menurut Walikota, pengalokasian dana pembangunan bidang pendidikan tahun 2017 sebesar Rp 32.080.647.050 miliar dan trealisasi sebesar Rp 30.421.663.758 miliar atau 94,83 persen yang terwujud dalam program dan kebijakan pembangunan pendidikan yang dilaksanakan oleh beberapa Organisasi Perangkat daerah (OPD) yakni dinas pendidikan, Perpustakaan dan Kearsipan serta SMP negeri se-Tanjungbalai. (sad/nas)

Pangdam I/BB Kunjungi Siosar Kabanjahe | Jurnal Asia Mayjen TNI Ibnu Triwidodo sejak menduduki jabatan sebagai Pangdam I/BB menggantikan dari pejabat lama Mayjen TNI Cucu Soemantri (23/2) yang lalu , mulai melakukan perjalanan keluar daerah bersama keluarga dalam wujud menjalin silaturahmi dengan pemerintah setempat, untuk mempererat hubungan yang baik. “Kunjungan Pangdam I/BB bersama keluarga , ini Pertama kali dilakukan sejak menjabat sebagai nomor satu di Kodam I/BB ini, kewilayah Tanah Karo, adalah sebagai wujud menjalin Silaturahmi, hal ini disampaikan Bupati Karo Terkelin Brahmana,SH didampingi Ny.Sariati Terkelin Brahmana, Dandim 0205/TK Letkol Inf Tauik Rizal Batubara, SE, Danyon 125/Smb Letkol Inf Viktor Andhika Tjokro, Dansubdenpom I/2-1 Kapten Cpm Ruslan Hutajulu, Kepala Bappeda Iry nasib Sianturi M,si camat Merek Tomi Marulitua Sidabutar pada saat melakukan penyambutan kedatangan

Pangdam I/BB (14/4) pukul 11.50 wib di Taman Resort Simalam Kec.Merek Kab.Karo. “ Bupati Karo Terkelin Brahmana, menyebutkan kedatangan bapak panglima diakuinya bukan kunjungan kerja, akan tetapi sebagai bentuk Silaturahmi, sebab ketika Pangdam I /BB melaksanakan sertijab bulan maret yang lalu, saya hadir dalam sertijab tersebut, Nah , sekarang tidak disangka bapak Panglima mengunjungi Daerah Karo,” Ungkapnya “ Dalam bincang-bincang, kata Terkelin, banyak nasehat, saran masukan termasuk Panglima mengatakan dihadapan Dandim 0205/ TK dan Danyon 125/Smb , TNI harus netral, tidak boleh memihak, ketika TNI memihak ,maka kepercayaan masyarakat berkurang terhadap TNI, apalagi dalam situasi mendekati Pilgubsu, politik semakain tinggi, ini harus TNI sadari, “Kata Bupati Karo mengutip Ucapan Pangdam I/BB”.

Sementara Dandim 0205/TK Letkol Inf Tauik Rizal Batubara, mengatakan kunjungan Bapak Panglima tersebut bukan kunker Resmi, ini sebagai wujud Silaturahmi dengan Pemkab Karo. “ TNI harus netral, TNI tidak boleh memihak, jika salah, itu akibat kesalahannya sendiri ,karena tidak mendengarkan perintah, maka saya selaku Panglima akan bertindak tegas, itu sudah komitmen saya sejak saya masuk bertugas di Kodam I/B ini,” kata Panglima dalam bincang -bincang bersama Bupati Karo, Dandim 0205/TK sambil makan santap siang. “Penyampaian tersebut , kata Dandim adalah suatu perintah bagi TNI untuk melaksanakannya dan akan meneruskan kepada jajaran TNI satuan bawah yang ada di wilayah Kodim 0205/TK, agar apa yang disampaikan oleh Bapak Panglima diketahui oleh semua Prajurit yang berdinas di wilayah Tanah Karo” Tegas Dandim 0205/TK. (herman harahap/nas)

Jurnal Asia | herman harahap

BUPATI Karo Terkelin Brahmana bersama Dandim 0205/TK Kolonel Inf.Tauik Rizal Batubara SE dan jajaranya sambut kedatangan Pangdam I/BB Mayjen TNI Ibnu Triwidodo beserta ibu dalam kunjungannya mewujudkan silaturahmi dengan pemerintah Kabupaten Karo.


Senin 16 April 2018

17

SUMBAGUT

Satlantas Polres Solok Kota Berikan Hak Penyandang Disabilitas

Jurnal Asia | sugi

USTAD Abdul Somad saat memberikan tauziah di hadapan ribuan warga Sumatera Utara saat acara tabligh Akbar di Objek Wisata Cemara Kembar , tepatnya Jln Pantai ATAP No.15 Desa Sei Nagalawan , Kecamatan Perbaungan, Kabupaten SerdangBedagai.

Ribuan Umat Ikut Tabligh Akbar Ustad Somad Sergai | Jurnal Asia Ribuan Pengemar Ustadz Abdul Somad LC MA di Seluruh Kabupaten/ Kota Propinsi Sumatera Utara maupun di luar propinsi, Akhirnya Semarakkan Tabligh Akbar, Sabtu (14/4) di Objek Wisata Pantai Cemara, Jln Pantai ATAP No.15 Desa SeiNagalawan, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten SerdangBedagai. Hasil yang dihimpun Jurnal Asia, Undangan yang secara terbuka dalam rangka acara Tabligh Akbar dan sekaligus menyambut Israk Mirad Nabi Muhammad SAW untuk seluruh propinsi Sumatera Utara bersama Ustadz Abdul Somad usai Ba’da Dzuhur secara gratis, miskipun kedatangan agak terlambat namun untuk para penggemar ustad Abdul Somad tetap menyemangatinya kedatangan beliau. Sehingga kedatangan Ustad Abdul S omad d i Obje k C e mar a Ke mbar langsung disambut ribuan pengemar yang memadati lokasi areal dengan pengawalan ketat dari pihak Polres Sergai

maupun tim panitia . Selain itu, dalam rangka acara Tabligh Akbar di Cemara Kembar juga diadakan undian kupon Umroh secara gratis oleh penyelenggara. Meskipun dikabarkan kegiatan acara tabligh Akbar bersama Ustad Abdul Somad di Cemara Kembar menuaikan isu tak sedap di beberapa akun Media Sosial bahwa kegiatan tersebut adalah Hoax namun isu itu tidak benar. Hal dikatakan Ketua Panitia yang juga sebagai Pengelolah Objek Wisata Pantai Cemara Kembar Jalaluddin kepada Jurnal Asia usai acara tabligh Akbar mengatakan Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatan kesadaran umat dalam rangka acara tabligh Akbar dan sekaligus menyambut isra Mi’raj. Selain itu , lanjut Jalal kita sangat bersyukur dalam kegiatan acara ini dari beberapa kabupaten maupun kota dan di luar Propinsi yang kurang lebih berjumlah 30-40 ribu orang yang datang untuk menyaksikan kedatangan ustad Abdul

Somad di Objek wisata Cemara kembar. Sebetulnya ini kebetulan takdir yang kuasa juga , hanya berselang 10 hari kegiatan ini direncanakan, kebetulan Ustad Abdul Somad ada jadwal sehingga dapat kita panggil.”Alhamdulilah dia mau juga,” Meskipun sempat dikabarkan isu Hoax bahwa acara tabligh Akbar bersama Ustad Abdul Somad tidak benar datang di objek Cemara kembar. Dalam kegiatan acara tabligh akbar bersama Ustad Abdul Somad di Cemara kembar juga dihadiri Cawagub Sumut Musa Rajekshah yang disapa Bang Ijeck Ketua MPW-PP Sumut, Kodrat Shah, Sekjen, H.Ali M.Mahdi, dan Ketua MPC PP Kab Sergai Syaiful Azhar beserta seluruh pengurus Pemuda Pancasila Sergai , Ketua DPRD Sergai H.Syahlan Siregar , Wakil Ketua DPRD Sergai Hasbullah Hadi Damanik SE dan Seluruh Personil Polres Sergai yang ikut mengawal acara tersebut. (sugi/nas)

Solok | Jurnal Asia Berkendaraan adalah hak semua orang, termasuk bagi penyandang Disabilitas yang ada, berdasarkan dari pada itu Satlantas Polres Solok Kota berkewajiban untuk mengakomodir kebutuhan mereka sesuai dengan ketentuan yang telah ada, tutur Kasat Lantas Polres Solok Kota, Iptu Rifaizal Samual, disela kesibukannya mempersiapkan tempat uji praktek pembuatan SIM bagi penyandang Disabilitas, di bagian Lantas Polres Solok Kota. Diterangkannya, Kepolisian RI telah mengakomodir kepentingan mereka melalui Undang Undang nomor 22 tahun 2009, pada pasal 80 tentang bentuk dan penggolongan SIM, dan dalam pasal itu dijelaskan bahwa penyandang Disabilitas diperbolehkan mengendarai sepeda motor khusus dijalan raya asalkan memiliki SIM D. Lebih Lanjut Kasatlantas Polres Solok Kota itu menerangkan, penyandang Disabilitas atau keterbatasan memiliki makna yang luas, hal tersebut bisa bersifat Fisik, kognitif, mental, sensoik, serta emosional, namun undang undang juga telah mengatur ketegori mana yang bisa diberikan surat izin mengemudi tersebut. Dalam pembuatan SIM D, memiliki syarat yang sama dengan pembuatan SIM lainnya, seperti halnya telah berusia 17 tahun, memenuhi syarat administratratif, kesehatan, serta lulus uji teori dan uji praktek, namun kendaraan yang dipergunakan untuk uji praktek tersebut adalah kendaraan khusus seperti sepeda motor roda tiga. Melengkapi paparan yang disampaikannya, Iptu Rifaizal Samuel menambahkan, terkait dengan biaya yang akan dibebankan bagi masyarakat yang menyandang Disabilitas dalam melakukan pembuatan SIM D, lebih murah dibanding dengan biaya pembuatan SIM lainnya, dan hal itu telah diatur secara rinci dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 50 Tahun 2010. Untuk pembuatan SIM A, SIM B, SIM B2 dikenakan biaya sebesar 120 ribu rupiah, dan untuk perpanjangan nya sebesar 80 ribu rupiah, untuk SIM C sebesar 100 ribu rupiah dan untuk perpanjangan 75 ribu rupiah, sementara itu untuk penyandang Disabilitas atau SIM D sebesar 50 ribu rupiah, dan untuk perpanjangannya sebesar 30 ribu rupiah. Iptu Rifaizal Samual mengatakan, pemerataan hak kepada seluruh masyarakat yang telah diberikan oleh negara melalui pihak kepolisian RI itu, merupakan sebuah bukti adanya nilai yang terkandung dalam Pancasila yakni tertuang dalam sila ke 5 yang berbunyi Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. (eli/nas)

Masjid Nurul Quran Desa Perdamaian Diresmikan Langgkat | Jurnal Asia Isak tangis serta teriakan takbirratusana warga Desa Perdamaian KecamatanBinjai, menjadi saksi peresmian masjid NurulQur’an Dusun IV Desa Perdamaian Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat, yang ditandaipemukulan bedug, oleh Camat Binjai RizalGunawan Gultom. AP diwakili oleh KasiPMP Kecamatan Binjai Selamat SE, kemarin. Keterharuan warga itu, karena keberhasilanpembangunan masjid tersebut sebab medapatkanbantuan senilai Rp.1.5 M dari Juni Azhra Darwis alias Adek warga Dusun IX DesaPerdamaian Kec.Binjai, serta infaq masyarakatRp.29.592.000,-. Kasi PMP Kecamatan Binjai SelamatSE pada kata sambutanya di acara tersebut, mengucapkan terima kasih kepada saudari Adek dan keluarga, atas keringantangannya mau memberikan bantuan untuk pembangunan masjid ini dengan nilai yangsangat besar. Sehingga masjid

ini terlihat sangat besar dan megah diantaramasjid lainnya yang ada di Desa Perdamaian ini. “Semoga ini menjadi amal jariah dan kebaikanyang dicatat disisi Allah SWT, bagi Adek dan keluarga,”katanya. Selain itu, Ia juga mengucapkanterima kasih kepada warga Desa Perdamaian yang juga ikut berfartisifasi denganmengumpulkan dana infaq untuk membantu pembangunan masjid ini. “Saya sangat salut dengan kekompakanwarga perdamain dalam hal kebaikan, semoga hal ini dapat menjadi contoh bagiwarga Langkat lainnya,”ujarnya. Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Perdamain Kec.Binjai Ridwan, berharap masjid yang telah terbangundengan susah paya ini, dapat dijalankan fungsingya dengan benar, sepertiberkumandangnya adzan disetiap waktunya dan masjid selalu terisi penuh oleh jumlah jamaah yang banyak terutama pada sholat juma’at.

“Serta difungsikan denganberbagai kegiatan keagaman lainnya, yang bermafaat bagi masyarakat,”ujarnya. Sedangkan Darwis ayah dari Juni Azhra Darwis, pada kesempatanyang sama, mengucapkan selamat kepada warga Desa Perdamaian atas terbangunnyamasjid ini. Dirinya pun berharap kepada semua masyarakat Langkat umumnya danKecamatan Binjai khususnya bagi yang mampu, agar tidak sungkan memberiakanbantuan yang diambil dari hartanya untuk agama Allah SWT. “Sebab hanya harta yang diinfaqkan dijalan Allah lah yang akan menjadi penolong kita di hari akhir nanti,”sampainya. Sembari memohonkan doa untukanaknya (Adek-red) yang saat ini berada di Malaysia menjalankan usaha rumahmakan, agar terus diberikan kesehatan dan keselamatan dari Allah SWT, dari parawarga. Acara persemian masjid

tersebutdiisi dengan tausiyah sebagai siraman rohani oleh ustad Khairullah, sertasumbangan santuan uang yang diberiakan kepada 25 anak yatim dan batuan beras 5kg perorang dan uang saku kepada 36 janda lansia dari Juni Azhra Darwis alias Adekwarga Dusun IX Desa Perdamaian Kec.Binjai. Turut hadir Kapolsek diwakiliKanit

Provos Iptu M.Safi’i, kepala KUA kec. Binjai Drs H.Abu Karsidin, Plt.Kades Sendang rejo Sutarto SE,Ketua BKM Masjid Nurul Qur’an Afriadi SP.d, Kadus IV dan IX Desa Perdamaian,Tokoh agama dan masyarakat serta warga sekitar dan undangan lainnya. (menanti ginting/nas)

Jurnal Asia | menanti ginting

SUASANA peresmian masjid Nurul Quran Dusun IV Desa PerdamaianKecamatan Binjai Kabupaten Langkat.


18

Senin 16 April 2018

SUMBAGUT

Siaga KBN KB dan PC FKPPI Langkat Dilantik

Jurnal Asia | herman

TREMINAl angkutan pedesaan di jalan penghasilan berastagi terlihat semraut dan tidak tertata,lokasi ini menjadi biang kemacetan akibat banyaknya kantong parkir liar.

Terminal MPU Berastagi Kacau Berastagi | Jurnal Asia Terminal Mobil Penumpang Umum (MPU)pedesaan yang terletak di Jalan Penghasilan Kelurahan Tambak Lau Mulgap II berastagi terkesan sangat semraut dan tidak tertata akibat tidak adanya penataan sehingga rambu rambu lalu lintas yang disediakan menjadi terabaikan sehingga tak jarang pemandangan serta kemacetan silih berganti yang sangat menganggu aktiitas pengguna jalan di sepanjang jalan Penghasilan,jalan Dagang,serta jalan perniagaan seolah jika pengemudi dan pengguna jalan jika memasuki areal pasar tersebut akan terkepung akibat dijebak kemacetan

yang berkepanjangan. Amatan Jurnal Asia (15/4) kemacetan dan kesemrautan ini sudah berlangsung sekian lama tanpa ada penertiban yang dilakukan oleh pihak terkait seperti Dinas Perhubungan Pemkab Karo,ironisnya lagi diseputaran jalan Penghasilan dan di jalan Dagang dihiasi oleh banyaknya kantong parkir liar yang membuat para pengguna jalan dijebak kemacetan dan masyarakat juga para pengguna jalan yang ingin melintas untuk melaksankan aktifitas pasar terpaksa harus menunggu sekian lama karena para angkutan mobil umum dengan sesuka hatinya memasuki terminal dengan

tidak mengindahkan rambu lalu lintas diareal terminal angkuatan pedesaan ditambah lagi dengan banyaknya pedagang kaki lima yang berjualan dengan memakai badan jalan. Tentunya didalam hal ini peran serta Dishub Kabupaten Karo sangat dibutuhkan didalam pengelolaan kantong kantong parkir liar dan dapat menatanya untuk memperlancar arus lalu lintas diseputaran jalan penghasilan berastagi karena di jantung jalan penghasilan adalah salah satu central pasar dan merupakan jalan sebagian para petani untuk memperjualbelikan hasil pertanian mereka. (herman /heraman/nas)

Tiga Lapangan Usaha Rating Tertinggi Batu Bara | Jurnal Asia Distribusi persentase produk domestik regional bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku menurut lapangan usaha di Kabupaten Batu Bara tahun 2012 - 2016 ranting tertinggi 3 lapangan usaha diantaranya Industri pengolahan’ Pertanian,kehutanan dan perikanan’ Perdagangan besar dan eceran,reperasi mobil dan sepeda motor. Hal ini disampaikan Plh Seksi Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik (IPDS) Badan Pusat Statistik Kabupaten Batu Bara Krisman Yusuf Nazara,SST diruang kerjanya,Lima Puluh,Kamis (12/4). Lanjutnya 3 lapangan usaha tersebut industri pengolahan pada tahun 2012 persentasenya 49,32 %, 2013 persentasenya 48,12%, 2014 persentasenya 48,74%, 2015 persentasenya 48,92% dan 2016 persentasenya 48,73% untuk lapangan usaha pertanian,kehutanan dan perikanan pada tahun 2012 persentasenya 21,38%, 2013 persentasenya 21,55%,2014 persentasenya 20,60%, 2015 persentasenya 19,66% dan 2016 persentasenya 19,55% sementara lapangan usaha perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor pada tahun 2012 persentasenya 15,15%, 2013 persentasenya 15,36%, 2014 persentasenya 15,67%, 2015 persentasenya 16,03% dan 2016 persentasenya 16,42%,imbuhnya. Ia menambahkan selain dari 3 lapangan usaha persentase tinggi disusul oleh lapangan usaha konstruksi pada tahun 2016 persentasenya 5,25%,

Transportasi dan pergudangan pada tahun 2016 persentasenya 3,76%, Administrasi pemerintah,pertahanan dan jaminan sosial pada tahun 2016 persentasenya 1,96%, penyedian akomodasi dan makan minum pada tahun 2016 persentasenya 1,21% dan Real estat pada tahun 2016 persentasenya 1,20%,katanya. Ia menerangkan jumlah rumah tangga,penduduk dan rasio jenis kelaminan di Kabupaten Batu Bara pada tahun 2017 di Kecamatan Sei Balai jumlah rumah tangga 6,761,Jumlah penduduk lelaki 14.116 jiwa,Perempuan 14.128 jiwa totalnya 28.244 jiwa sementara rasio jenia kelaminan 99.92 . Kecamatan Tanjungtiram jumlah rumah tangga 15.716 jiwa jumlah penduduk laki-laki 35.338 jiwa,perempuan 33.576 jiwa totalnya 68.914 jiwa rasio jenis kelaminan 105.25. Kecamatan Talawi jumlah rumah tangga 13.620 jumlah penduduk laki-laki 29.986 jiwa, perempuan

29.281 jiwa totalnya 59.267 jiwa rasio jenis kelamin 102.41, Kecamatan Lima Puluh jumlah rumah tangga 21.013 jumlah penduduk laki-laki 45.478 jiwa perempuan 45.974 totalnya 91.452 jiwa rasio jenis kelaminan 98.49, Kecamatan Air Putih jumlah rumah tangga 11.651 jumlah penduduk lakilaki 25.230 jiwa perempuan 25.617 jiwa totalnya 50.847 jiwa rasio jenis kelaminan 98.49, Kecamatan Sei Suka jumlah rumah tangga 13.142, jumlah penduduk laki-laki 28.486 jiwa perempuan 28.088 jiwa totalnya 56.574 jiwa rasio jenis kelamin 101.42 dan Kecamatan Medang Deras jumlah rumah tangga 11.897 jumlah penduduk laki-laki 27.184 jiwa perempuan 26.609 jiwa totalnya 53.793 jiwa rasio jenis kelamin 102.16,katanya. “Bahkan penduduk berdomisili selama 6 bulan bukan sebagai warga Kabupaten Batu Bara maka ia akan tercatat di BPS sebagai warga Kabupaten Batu Bara,”tukasnya. (raka/nas)

Jurnal Asia | raka

Plh Seksi Integrasi Pengolahan dan Diseminasi Statistik (IPDS) Badan Pusat Statiatik (BPS) Kab.Batu Bara Krisman Yusud Nazara,SST.

Langkat | Jurnal Asia Ratusan kader FKPPI dari berbagai penjuru Sumut hadir pada Acara Apel Siaga Kebangsaan BelaNegara (KBN) Keluarga Besar (KB) Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan danPutra Putri TNI POLRI (FKPPI) Se-Sumut serta pelantikan ketua Pimpinan Cabang (PC) 0215 FKPPI Kabupaten Langkat danpelantikan bersama pengurus rayon FKPPI se jajaran Kodim 0203 Langkat masabakti 2018 – 2023, di Alun- Alun T.Amir Hamzah Jl. Proklamasi, Stabat, Langkat, Minggu (15/4). Dibuka secara langsung oleh Ketua Pengurus Daerah (PD) II FKPPI Sumatra UtaraH. Kharuddin Syah Sitorus SE, ditandai dengan penyerahan bendera pataka KBFKPPI dan pemasangan Pin kepada ketua PC 0215 FKPPI Kabupatem Langkat Bambang. Pangdam I/Bukit Barisan Mayor Jendral TNI Ibnu Triwidodo S.I.P yang juga selaku ketua dewan pembina daerah Keluarga Besar TNI (KBT) Prov. Sumut diwakili Dandim 0203 Langkat Letkol (Inf) Deni Eka Gustiana, pada kata sambutan, mengucapkan selamat kepada Bambang sebagai ketua terpilih PC 0215 FKPPI Langkat dan kepada kader FKPPI Langkat yang ikut dilantik. “Semoga dikepemimpinan Bambang FKPII Langkat mampu memberikan kontribusi positif bagi peningkatan pembangunandi Kab.Langkat,”ujarnya. Sebagai kita ketahui, sambung DANDIM 0203 Langkat, lahirnya FKPPI bertujuan untuk menggalang potensi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI POLRI, menjadikan salah satu motor penggerak pembangunan nasional bersama dengan komponen bangsa lainnya, yang mempunyai

kewajiban moral untuk mendukung kebijakan dan program pemerintah dalam rangka mencapai tujuan nasional. Maka diharapkan, pada berlangsungnya Pilkada serentak di wilayah Sumut tahun 2018, yang terdapat 8 (delapan) kabupaten/ kota ikut serta, yaitu Langkat, Deli serdang, Tapanuli Utara, Padang Lawas Utara, Padang Lawas, Dairi, Batu Bara Dan Pasang Sidempuan serta Gubernur Sumut. “PKKPI dapat memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat dalam menyampaikan aspirasi politiknya, sehingga eksistensi FKPPI dapat memberikan konstribusi positif dalam menciptakan kondusiitas di wilayah Sumut,”pesanya. Ketua PD II FKPPI Sumut H.Khairudin yang juga selaku Bupati Labuhan Batu Utara, dalam kata sambutanya, mengucapkan selamat atas terlaksananya pelantikan ini, Iajuga berpesan kepada para kader Cabang 0215 FKPPI Langkat khususnya dan kader FKPPI Sumut umumnya, agar tetapmenegakan disiplin dalam berorganisasi, disiplin dalam bersikap, disiplin dalam menggunakan atribut FKPPI serta menjauhi dari pemakaian narkoba dan membantu aparat dalam memberantas penyalagunaan narkoba. “Saya ucapkan selamat dan suksesmenjalankan pengabdian kepada FKPPI, organisasi yang kita cintai ini,”sebutnya. Dirinya pun berharap pelantikan ini sebagai langka awal bagi Pengurus FKPPI Langkat, kedepanya dapat lebih eksis lagi dalam menjalankan roda organisasi dan mampu menjadikan FKPPI sebagai organisasi terbaik di Kabupaten Langkat. (menanti ginting/nas)

Kursi Kadisdik Tanjungbalai Mulai Memanas Tanjungbalai |Jurnal Asia Kursi yang diduki kepala dinas pendidikan Kota Tanjungbalai dalam dua pekan terakhir ini kelihatannya mulai memanas. Pasalnya, kedudukan bergengsi yang kini dijabat seorang wamita itu seakan mulai diperebutkan sejumlah oknum pejabat tertentu baik dari dalam maupun luar. Beredar rumor dalam sepekan terakhir ini berbagai riak mulai bermunculan dan kemungkinan sebagai salah satu upaya untuk menggeser kursi yang dijabat seorang ASN yang diketahui sudah memasuki akhir jabatan dan sudah sewajarnya dilelang kembali bersamaan dengan beberapa instansi lainnya yang diketahui dalam beberapa bulan kedepan banyak yang kosong ditinggalkan pejabat yang sudah memasuki masa pensiun. Meski dilingkungan dinas pendidikan opejabat yang menduduki pimpinan dinstansi itu belum pensiun, tetapi waktu yang diberikan kepadanya untuk menduduki jabatan tersebut diperkirakan sudah bverakhir dan wajar kembali dilelang. Benar tidaknya rumor itu sampai saat ini masih menjadi perbincangan dikalangan masyarakat dan elit di Kota kerang Tanjungbalai. Soalnya, jauh sebelum rumor itu muncul kursi

pejabat yang satu ini cukup banyak yang meilirik, hanya saja ketika proses lelang jabatan dilakukan hanya satu orang yang berhasil terpilih sebagai pemenang. Kendati demkikian, kelihatan masih saja dada pihak-pihak yang kemungkinan kurang merasa senang,sehingga terkesan ada upaya untuk metrebut jabatan itu dan bila perlu beruipaya kuat untuk menggantikan. Sekretaris lembaga peman tau Kinerja Aparatur Pemerintah Pusat dan Daerah (LPKA-PPD) Tanjungbalai-Asahan Eka Surya Dharma Sinambela Minggu (15/4) mengatakan, memanasnya kursi yang diduduki kepala disidik Tanjungbalai beb erapa pekan terakhir ini sudah menjadi rahasia umum. Hanya saja untuk menempatkan pejabat yang dinilai tepat untuk menduduki terpulang kembali kepada Kepala Daerah , akan tetapi pejabat yang dipilih hendaknya harus benar-benar mampu meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan di Tanjungbalai kedepan. “Soalanya, kita tentu saja menginginkan pejabat yang diangkat itu memiliki kemampuan untuk melaksanakan amanah yang diberikan kepadanya, bukan hanya sebatas berhasil menduduki jabatan, tetapi kemampuan untuk berbuat nihil.” katanya. (kur/nas)


SENIN 16 APRIL 2018

19

Info Serba-SerbI Info Beriklan : (061) 663 5 664

Iklan Ekonomis 20mm/Kolom Rp. 20.000,40mm/Kolom Rp. 40.000,-

PURBA MULTIROOF Spesialis Atap dan Baja Ringan

Menyediakan : - Genteng metal, Atap Spandek panjang/Lengkung. - Besi C/Truss, Reng (zincalume) Jl.Gaperta Ujung No.80-A Medan

Hubungi : 081362321899 081265237863 081262861028 N.B : Menerima pemasangan baru dan bongkar pasang atap (Rumah tinggal, pabrik, sekolah, kantor, dsan gedung lainnya).

Jl. Gatot Subroto No. 317/236 A Tel. (061) 453 9685 - 453 9684 (Depan Jl. PWS) - Medan. Terima Tempahan Canopy, Folding Gate, Pintu Plat Besi, Aluminium, Kaca dan Stainless Steel.

WASHTAFEL PVC

PINTU PRESS

ROLLING DOOR

FOLDING GATE

UPVC

CIN BOY 0853 6022 3003

60mm/Kolom Rp. 60.000,80mm/Kolom Rp. 80.000,-

Orang Gemuk Lebih Bahagia SEBAGIAN besar orang terutama wanita biasanya akan marah bila disebut gemuk. Tidak jarang pula orang-orang yang memiliki tubuh gemuk diejek dan ditertawai karena jadi bahan lelucon. Hal tersebut serupa seperti yang ditulis dalam laman Elite Daily, Jumat pekan lalu, ketika orang kurus mengolok-olok orang gemuk, sebenarnya mereka tidak menyadari kalau merekalah yang sebenarnya menyedihkan. Di sisi lain, orang gemuk bisa bebas berwisata kuliner, memburu makanan unik dan kekinian. Tidak hanya itu saja, orang-orang gemuk juga bisa dengan riang dan bahagia menikmati makanan atau kudapan mereka, karena tidak memiliki tuntutan untuk tetap tampil kurus atau langsing. Sementara, orang-orang kurus yang mengejek orang gemuk harus menjaga asupan makanan mereka, agar bisa mempertahankan berat badan. Menurut para ilmuwan dari McMaster University di Kanada, ketika meneliti apakah ada hubungan antara obesitas dan depresi, para peneliti menemukan orang-orang gemuk ternyata lebih

bahagia dibandingkan orang kurus. Alasannya sederhana saja, karena mereka tidak pernah merasakan depresi karena tuntutan berat badan. Sehingga, pada umumnya orang gemuk memiliki kehidupan yang lebih baik dan menyenangkan. Studi ini menganalisis 17.200 sampel DNA dari peserta bertubuh gemuk di 21 negara. Hasil penelitian menunjukkan mereka yang diidentiikasi sebelumnya menunjukkan tanda-tanda depresi secara signiikan lebih sedikit. “Kami berangkat mulai dari hipotesis depresi dan obesitas berhubungan dengan aktivitas otak. Kami berhipotesis gen obesitas mungkin terkait dengan depresi,� kata Profesor David Meyre. Nah, mulai dari sekarang sebaiknya kita mulai berhenti mengejek teman-teman yang bertubuh gemuk. Pasalnya, bukan hanya memiliki hidup yang lebih bahagia, tapi orang gemuk nyatanya lebih enak dipeluk dan jadi sandaran daripada orang yang kurus, betul? (oz-van)


20

Senin 16 aPRiL 2018

SainS

Cara Facebook Menambang Data non-Pengguna CEO Facebook Mark Zuckerberg baru saja mengungkap di depan Majelis Energi dan Perdagangan (House Energy and Commerce Committee) bahwa jejaring sosialnya mengumpulkan data pengguna internet, bahkan jika mereka tak bergabung di dalam platformnya. Facebook mendesain metode untuk membuat proil bayangan (shadow proile) dari basis penggunanya. Metode ini digunakan untuk memberikan rekomendasi teman pada pengguna baru sehingga saran pertemanan semakin relevan. Pengamatan terhadap rekomendasi Facebook dari itur ‘Orang yang Mungkin Anda Kenal’ mengilustrasikan bagaimana algoritma Facebook membangun proil bayangan. Rupanya Facebook menggunakan metode yang jauh lebih dari sekadar mencocokkan

teman yang sama atau berada di kota yang sama. Cara pertama adalah melalui

email. Facebook tidak memindai isi email penggunanya namun mereka mengarsipkan kontak email di dalam

email semua penggunanya. Mereka bisa mendapatkan email seseorang yang tak memiliki akun Facebook dari beberapa pengguna Facebook yang memiliki alamat itu. Jika beberapa orang memiliki alamat email seseorang di kontak mereka, maka dia akan disarankan menjadi teman beberapa pemilik alamat tersebut karena besar kemungkinan mereka saling kenal. Bahkan walau sebenarnya di dunia nyata pemilik alamat dan orang yang menyimpannya tak saling kenal. Jika diingat, aplikasi Facebook juga selalu meminta izin pengguna untuk melihat ke dalam daftar kontak. Facebook menciptakan jaring hubungan adalah melalui kontak di dalam ponsel pintar. Jika diberi izin penggunanya,

Facebook akan mengambil “nama dan nama panggilan apa pun; foto kontak; nomor telepon dan kontak lainnya atau informasi terkait yang mungkin telah Anda tambahkan seperti hubungan atau profesi; serta data di ponsel Anda tentang kontak tersebut”. Facebook memperingatkan pengguna untuk berhati-hati dalam menggunakan semua data ini. Karena algoritma ini, orang seringkali terhubung meski mereka tak menginginkan hubungan tersebut. “Anda mungkin memiliki kontak bisnis atau pribadi di ponsel Anda. Tolong hanya kirim permintaan pertemanan kepada orang yang Anda kenal secara pribadi yang akan menerima undangan Anda,” demikian bunyi bagian Pelajari Lebih Lanjut. (cnn/hut)

Ilmuwan Australia Temukan Cara Dengarkan Bunyi Black Holes Para ilmuwan Australia telah mengembangkan metodologi baru yang mereka klaim akan memungkinkan untuk mendengar bunyi tabrakan lubang hitam (black holes) di lapisan ruang dan waktu alam semesta. Terobosan yang diciptakan para peneliti di Melbourne, Australia ini menjanjikan harapan baru mengenai awal-mula terciptanya alam semesta, demikian dikutip dari laman Australia Plus Indonesia, Minggu (15/4). “Kami bukan hanya melihat lubang hitam di ruang angkasa terdekat, kami melihatnya dari zaman awal alam semesta ketika bintang-bintang baru saja tercipta,” kata Dr Eric Thrane dari Monash University. Disebutkan bahwa setiap tiga menit, di suatu tempat di alam semesta, dua lubang hitam bertabrakan satu sama lain. Karena gravitasinya begitu dahsyat ketika lubang hitam bertabrakan, maka tatanan ruang dan waktu

akan terguncang, mengirimkan gelombang gravitasi kecil melintasi kosmos. Fisikawan pertama kali mendeteksi radiasi gelombang gravitasi ini pada tahun 2016, menggunakan instrumen LIGO di Amerika Serikat, penemuan itu pun mendapatkan Hadiah Nobel. Tim astroisikawan yang berbasis di Melbourne, Australia kini telah memanfaatkan terobosan tersebut, dengan mengembangkan teknikteknik baru yang mereka klaim akan memungkinkan mendengarkan bunyi latar belakang dari lubang hitam yang bertabrakan di seluruh kosmos. Kemampuan mendengarkan bunyi begitu banyak lubang hitam kecil yang semakin jauh dari Bumi akan memungkinkan para ilmuwan mengeksplorasi lebih dalam sejarah alam semesta kita. Ini kata isikawan Silvia Biscoveanu dari MIT di Amerika Serikat yang berada di Australia untuk bekerja dengan para peneliti

Mendatar 2. kereta api listrik 5. haji kecil 8. obat sakit kepala 9. dekat; intim 11. saya 13. ... abrahamovic (pemilik klub sepak bola chelsea) 15. gaya mutakhir 17. bantuan 18. laut (inggris) Menurun 1. lowong 3. sungai yang di dekat laut 4. yang terasa panas 6. hak azasi manusia 7. sihir 10. runcing 11. dapat di percaya 12. ajaran yang mengatur tata keimanan kepada tuhan yang maha esa 14. buku yang berisikan peta bumi 16. kembali 18. batu (inggris) 22. desas-desus 23. terusan; saluran 25. jarak antara baris tulisan 26. kerabat 27. campur

19. 20. 21. 24. 28. 29. 30. 31.

Melbourne. “Gelombang gravitasi bukanlah gelombang suara. Tetapi kita dapat merepresentasikannya sebagai suara. Jadi kita bisa mendengar seperti apa bunyi dari lubang hitam yang bertabrakan satu sama lain,” katanya kepada ABC. Bukti langsung dari adanya gelombang gravitasi itu, merupakan sesuatu yang dalam pemikiran Albert Einstein, tidak akan pernah mampu kelola. Tapi seperti apakah itu? Hingga dideteksi pertama kalinya pada tahun 2016, bahkan tak sedikit isikawan yang meragukan kemampuan detektor LIGO mendengarkan tabrakan lubang hitam tersebut. Sekarang, para peneliti di Australia mengatakan bahwa dengan memanfaatkan kekuatan superkomputer besar di Swinburne University, memungkinkan mereka

TTS

landasan untuk memotong hemat bimbang ketepatan; ketelitian surga bercak perbuatan yang memalukan bahan pakaian

Jawaban TTS 903 1

2

U 3

N

E

S 7

R 8

D

4

5

T

B

T

U

9

14

12

G A S

I 15

16

17

18

W

O

Y

B U F F A L O

F

A

21

23

A

K

O

B

R

H

N

I

E

T

25

I

EclipseCrossword.com

24

P E

26

S O P R A N

M

O

S B A L

D

U S G

R I M

I B

A

A

E 22

A

R

I

S

K A M T

A

L

19

N

S T A T U S

N

27

G R A N A R T

11

C E L A K A

20

B U

I S W A

S

O

6

Y

10 13

R W

I A N

B E R L

I M B A U

U U

A

28

untuk mendengarkannya lebih dekat lagi. Teknik baru yang akan diterbitkan dalam jurnal Physical Review X ini meliputi pemilahan sejumlah besar data yang telah dikumpulkan detektor dan menghilangkan suarasuara di latar belakang. “Ini memberikan kita pengenalan

P E R A N

alam semesta dalam kondisinya yang paling ekstrim,” kata Matthew Bailes, Direktur OzGrav Centre of Excellence for Gravitational Wave Discovery. “Ini seperti saat kita menetapkan hukum isika, dan bagi isikawan hal itu merupakan hal menarik untuk diselidiki,” paparnya.(lp6/hut)

904


Senin 16 April 2018

21

HIBURAN

Pintu Kamar Bob Dylan Terjual Rp 1,4 M

Singing Competition Ajang Pencarian Bakat di Sumut Medan | Jurnal Asia Lomba menyanyi atau “singing competition” tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama yang digelar “DELI” di Medan, 13 - 14 April 2018 sebagai ajang pencarian penyanyi berbakat di Sumut. “Ajang ini ternyata menarik minat banyak peserta. Meskipun sudah dibatasi, pesertanya sekitar 80-an. Para sekolah banyak yang tertarik mengikutkan siswany,” ujar Project Manager acara itu, Diana Sugi di Medan, Sabtu (14/4) malam. Acara yang digelar di area Grab Food Festival dengan Estilo Event Management Itu juga mendapat minat tinggi dari pengunjung Mal Cambridge Para juri ternama yakni Cerah Yanny Fonti Ferryza dan Fenny Kie juga menjadi salah satu daya tarik kompetisi itu yang juga didukung Edu Toys City. Diana didampingi Project Advisor Esther Liana, eksekutif “DELI” di Medan mengatakan melalui ajang lomba diharapkan dapat mendorong kegiatan positif bagi anak-anak untuk menjadi generasi yang unggul, produktif dan inspiratif.

Diana menegaskan, musik dipilih sebagai instrumen untuk meningkatkan daya kreasi dan imajinasi anak-anak karena musik adalah bahasa universal yang dipahami semua segmen termasuk anak – anak. “Kompetisi itu digelar untuk mencari bakat penyanyi di Sumut yang dikenal sebagai salah satu ‘gudang’ penyanyi. DELI-produsen alat tulis dan ATK- ingin berkontribusi dalam mencari penyanyi berbakat di Sumut,” ujar Esther Liana. Untuk katagori A (kelas 1-3 SD) tampil sebagai juara 1 Clara Bella dari Batari School, Charlene Nathan dari Methodist 3 (juara 2) dan Liv Agatha Jolie dari Sutomo 1 (juara 3). Harapan 1,2 dan 3 masing masing Audrey Bella Wangsa (Methodist 3), Teresa Devina Gan (Stanford School) dan Kenji Valerio (Sutomo 1). Judges Award atau penilaian juri masing- masing, Elaine siswa Sutomo 1, Fransisca (Methodist 3) dan Galen Lauden (Noble School). Adapun katagori B (kelas 4 - 6 SD) tampil sebagai Juara 1 Skyrio (Maitreyawira), Grace Yoylim (Bodhicitta) dan Valencia Carrick Francoiz (Methodist 3 ). Harapan 1,2 dan 3 yakni Clara Ivana Tan

(Maitreyawira), Filbert Christian (Noble) dan Sabrina Ho (Methodist 3). U n t u k J u d g e s Aw a r d m a s i n g masing Felice Thamrin (Methodist 3), Jeremiah Mark(Methodist 3), Friscillia (Maitreyawira), Vania Felicia Tam (Noble), Vanessa Jingga (Nanyang) dan Sally (Methodist 3). Untuk katagori C (SMP) juara 1 Jocelin (Bangun Insan Mandiri), 2, Jason Pricillia Salim (Sutomo 1) dan juara 3 Kentdy Miracle (Methodist 2). Harapan 1, 2 dan 3 masing - masing Stella Pricillia Salim (Sutomo 1), Catherina Liangso (Noble) dan Darrel Stefanus Malau (Noble). Sementara untuk Judges Awards yaitu Selvia Salim (Bangun Insan Mandiri) dan James Howard (Nanyang). Juara I Katagori B, Skyrio siswa SD Maitreyawira mengaku senang mengikuti ajang acara itu dan tampil sebagai juara. Meski sudah sering mengikuti kegiatan lomba, kata dia, kegiatan lomba kali ini dinilai bagus. Selain banyak tandingan dari sekolah, jurinya bagus . Pada akan tersebut panitia menyerahkan piala, piagam untuk semua peserta dan ditambah hadiah uang tunai untuk juara 1 – 3. (swisma)

Pintu ke kamar penyanyi Amerika Serikat (AS) Bob Dylan di Chelsea Hotel yang ikonik di New York memiliki nilai yang tinggi. Pintu tersebut telah dilelang dan terjual seharga 100 ribu dolar atau setara dengan Rp 1,4 Miliar. Benda unik tersebut merupakan salah satu dari 50 pintu dari hotel. Di sana sejumlah bintang tinggal selama bertahun-tahun. Hotel yang dibangun pada tahun 1880-an itu menjadi tempat tinggal jangka panjang bagi generasi penyanyi, bohemian, dan penulis. Pintu ke kamar yang digunakan oleh penyanyi Janis Joplin dan Leonard Cohen selama berselingkuh, serta penyanyi Joni Mitchell terjual sebesar 85 ribu dolar atau Rp 1,2 miliar Jack Kerouac menulis buku klasiknya “On the Road” ketika tinggal di sana pada 1950-an. Pintu kamarnya dijual dilelang seharga 30 ribu dolar atau Rp 412,8 juta, Mingu (15/4). Tempat tersebut juga berfungsi sebagai tempat tinggal bagi penulis Mark Twain dan Tom Wolfe, serta penulis iksi ilmiah Arthur C Clarke yang menulis skenario untuk “2001: A Space Odyssey” di sana. Pintu lain yang dilelang di rumah lelang Guernsey termasuk ruang aktris Edie Sedgwick, tempat seniman Andy Warhol memilmkan “Chelsea Girls”. Pintu tersebut dijual seharga 52.500 dolar. Sedangkan, pintu kamar Jimi Hendrix dijual seharga 13 ribu dolar, sama dengan pintu yang digunakan oleh penyanyi Madonna, aktris Isabella Rosselini, dan pembuat ilm Shirley Clarke. Pintu-pintu bersejarah itu awalnya akan dibuang begitu saja pada proses renovasi tahun 2011. Jim Georgiou yang merupakan mantan penyewa kamar hotel mengambil kepemilikan bendabenda tersebut untuk diselamatkan. (rep|swm)

Sun Plaza Cinemaxx COMING SOON

SHERLOCK GNOMES (Cinemaxx Junior 2D)Su SuN PLAzA | 16:30 19:30

A QuIET PLACE (Cinemaxx Regular 2D)13+ SuN PLAzA | 15:15 17:15 19:15 21:15 23:15

DirectorJef Wadlow

DirectorMajid Majidi

ActorsLucy Hale, Violett Beane, Tyler Posey, Nolan Gerard Funk, Landon Liboiron, Sophia Ali

ActorsTannishtha Chatterjee, Ishaan Khattar, Malavika Mohanan

A QuIET PLACE (Cinemaxx Gold 2D)13+ SuN PLAzA | 16:00 18:00 20:00 22:00

RAMPAGE (Cinemaxx Regular 2D)13+ SuN PLAzA | 16:00 18:15 20:30 22:45 RAMPAGE (ultra XD 2D)13+ SuN PLAzA | 15:00 17:15 19:30 21:45

7 DAYS IN ENTEBBE (Cinemaxx Regular 2D)17+ SuN PLAzA | 15:45 18:00 20:15

A QuIET PLACE (Cinemaxx Regular 2D) SuN PLAzA | 18:3023:00


22

SEnin 16 April 2018

opini

Medsos dan Pilgubsu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) memperpanjang jadwal pendaftaran Duta Netizen hingga tanggal 21 April mendatang. Duta netizen ini nantinya bersama KPU mensosialisasikan kepada warganet maupun masyarakat luas mengenai tahapan Pilgubsu. Sosialisasi di media sosial juga harus digencarkan sebab para pemilih pemula dan pemilih pemuda yang ada di Sumut pada umumnya telah memiliki telepon pintar. Duta netizen yang terpilih nanti bertanggung jawab untuk menjadi rekan KPU dalam menyebarluaskan informasi terkait proses pelaksanaan Pilgubsu. Duta netizen ini nantinya akan melaksanakan sosialisasi di media sosial dengan konten yang semenarik mungkin. Semestinya media sosial memang menjadi tempat bersosialisasi. Sayangnya memang terkadang media sosial terseret ke dalam situasi yang bahkan jauh dari nilai-nilai sosial, dan nilai kemanusiaan. Perbedaan pandangan politik acap dijadikan pembenaran untuk menjadikan sementara kalangan yang dipandang lemah untuk menjadi tumbal. Bukan hal asing jika konten berbau hasutan dan itnah terasa kian leluasa saja. Ya, kalau itu terasa sebagai sebuah dosa yang pernah Anda lakukan, saya juga bisa jadi pernah sengaja atau tak sengaja turut melakukannya. Idealnya, perbedaan pandangan politik bukanlah sebuah masalah. Politik memang membenarkan perbedaan, lantaran memang ranah tersebut menjadi wadah untuk bermacam ragam pikiran, idealisme, prinsip, dan sudut pandang. Menjadi masalah hanya jika karena alasan politik lalu memilih untuk menjadikan banyak hal sebagai tumbal, sebagai korban, sebagai umpan. Narasi-narasi dibangun cukup menjelaskan itu. Jika kita amati, bagaimana di sana, sematamata demi kepentingan politik, agama pun dibentur-benturkan. Demi kepentingan kelompok, persoalan suku pun terseret-seret. Ada kelelahan bagi sebagian pengguna media sosial melihat keributan dan pertikaian yang bermunculan hampir tanpa jeda di sana. Mereka menyukai obrolan-obrolan yang menggembirakan, membawa kesejukan. Ya, mereka merindukan cerita-cerita seperti itu. Sekaligus sebagai gambaran tentang sebuah realitas yang tak lagi meributkan perbedaan sebagai hal yang harus disikapi dengan permusuhan. Di cuitan kecil itu saja, mereka bercerita selayaknya sahabat-sahabat yang sudah saling mengenal, berbagi tentang pengalaman mereka. Mereka mengekspresikan kerinduan mereka pada kedamaian. Salam Pilgubsu Damai. (*)

Penerbit pT. MeDiA AnGKASA

Antara | Muhammad Arif Pribadi

HARIMAU SUMATRA TERPERANGKAP. Seekor anak harimau sumatra (Panthera tigris sumatrae) terperangkap dalam kerangkeng yang dipasang Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumbar di hutan Palupuh, Kabupaten Agam, Sumatra Barat, Minggu (15/4). BKSDA setempat menunda mengevakuasi harimau sumatra betina berumur kurang dari dua tahun tersebut karena adanya dua ekor harimau yang berkeliaran serta untuk menghindari konlik antara masyarakat dengan satwa dilindungi itu.

Masih Ada Desa Tanpa Aliran Listrik Oleh : Seli Alianti

indonesia sudah merdeka 73 tahun, namun masih ada rakyat yang belum pernah melihat lampu sama sekali. Seharusnya Negara harus hadir untuk menciptakan keadilan, listrik adalah hak rakyat. Pasalnya listrik kini telah menjadi bagian dari kebutuhan setiap hari. Kondisi seperti ini sangat disayangkan. Mereka tidak bisa menikmati cahaya pada malam hari. Mengingat, pemerintah melalui Perusahaan Listrik Negara (PLN) harus mampu menyediakan listrik bagi seluruh rakyat Indonesia sesuai amanat Pasal 33 ayat (3) UUD 1945. Karena itu, pemerintah menganggarkan dana dari APBN untuk membangun pembangkit listrik di daerah-daerah terpencil. Pembangkit yang dibangun memanfaatkan potensi energi lokal supaya tak bergantung pada pasokan bahan bakar dari luar. Kalau yang dibangun adalah pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) yang harus pakai solar misalnya, tentu jadi masalah baru karena susah mengirim solar ke tengah hutan. Namun, kekuatan APBN sangat terbatas. Tentu ada daerah yang harus menunggu lama sekali untuk mendapatkan listrik. Sementara belum ada sambungan listrik, daerah-daerah ini diterangi dengan lampu tenaga surya. Minimal daerahdaerah yang belum dapat listrik ini bisa terang di malam hari, penduduknya sudah punya lampu. Kementerian ESDM telah menyiapkan dana sebesar Rp 320 miliar untuk program bantuan lampu tenaga surya. Lebih dari 80.000 rumah di pelosok negeri akan diterangi oleh lampu pemimpin Umum: Tongariodjo Angkasa Ginting SE, MBA, MM, MSc Wakil pemimpin Umum: dr. Finisia Angkasa Staf Ahli: Dr. rE nainggolan, MM, Dr. ir. Jongkers Tampubolon, MSc, Drs. nabari Ginting, Hasiholan Sidabutar SE, MA, MM, Tjong poh Bun, ridwan nasution, Bambang ES, Johan

Terbit : 19 Juli 2012 Alamat Redaksi dan Divisi Usaha Kompleks Bilal Central A1-A2, B1-B2 Jalan Bilal Ujung, Medan Telp. 061 - 6635664 email Redaksi: berita@Jurnalasia.com email Usaha: marketing@Jurnalasia.com

Wakil General Manager: Selamat Ang pemimpin Usaha: Berman pasaribu Ang SE, MM pjs pemimpin Redaksi/penanggung Jawab: rahmad S Batubara Redaktur pelaksana: isvan Wahyudi Redaktur: Swisma naibaho, nasib Ts, Khairul Anwar Dalimunthe AMd, Andri Dp Staf Redaksi: Syahrial Siregar, Bambang nl SH, netty Guslina, Ari Wibowo, Hendra

ini. Berdasarkan data Kementerian ESDM 2016, terdapat 12 ribu desa di Indonesia yang belum teraliri listrik dengan baik. Sebanyak 2.915 desa diantaranya hidup dalam gelap, atau belum teraliri listrik sama sekali, sedangkan 9.000 desa lainnya hanya dialiri listrik 2-3 jam dalam sehari. Kampung Kocu As, Kabupaten Maybrat, Provinsi Papua Barat dihuni 200 KK dengan penduduk 600 orang. Sebelum PLTS Off-Grid berkapasitas 50 kWp bantuan dari Pemerintah menyala pada 10 September 2016 lalu, kampung ini hanya dilistriki oleh generator diesel yang terletak di dekat rumah kepala kampung, yang terbatas pada 5-6 jam penerangan di waktu malam. Di kampung ini, harga bahan bakar mesin diesel berharga Rp20.000 per liter. Dengan konsumsi per jam rata-rata dua liter, kampung ini mesti mengeluarkan biaya sekitar Rp200 hingga 300 ribu per harinya untuk pembangkit listrik. Belum terhitung jika pada waktu siang hari, diperlukan listrik untuk keperluan dan kegiatan kampung. (http://ebtke.esdm.go.id) Sangat disayangkan jika kondisi seperti ini terus mereka rasakan. Berapa biaya yang mereka harus keluarkan demi setitik cahaya di tengah keterbatasan ekonomi. Bayangkan jika mereka mengeluarkan uang satu hari mencapai seratus rupiah, dengan pendapatan mereka perhari dan kebutuhan mereka sehari-hari, itu semua tidak akan cukup. Minyak diesel, demikian disebut oleh warga setempat, menjadi barang mahal bagi warga KoReSponDen Deliserdang: H Alamsyah Siregar, refi Arif Siregar Serdang Bedagai: Sugiono Binjai: Sri Masanah Bahorok: Menanti Ginting pematangsiantar/Simalungun: Togar Sinaga. Labuhanbatu: roberto Simatupang, M. Sibarani Tanah Karo: Herman Harahap Sidikalang: Ester pandiangan Humbahas: Firman Tobing Solok: Yose rizal, Elita Susanti SH Tanjungbalai: M. Adi Sastra Langkat: Badruddin Labusel: negos Siregar Taput: nelson nainggolan, SE pakpak Bharat: Boman Batubara: rahman Khalid

kampung ini. Minyak diesel hanya bisa didapat di Ayamaru atau Kumurkek, yang menempuh 1,5 sampai 2,5 jam perjalanan darat tergantung cuaca. Apabila cuaca hujan, sebagian jalan berlumpur dan tidak bisa dilalui. Jika demikian, tidak ada minyak diesel yang mengisi generator diesel kampung ini, yang menyebabkan tidak ada listrik sama sekali pada waktu demikian. Warga kampung hanya berpasrah saja melalui malam tanpa listrik dan penerangan sama sekali. Waktu-waktu tersebut, malam-malam tanpa listrik dan penerangan, disebut warga sebagai “Tidur Gelap”. Pemerintah akan memasikan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan di wilayah-wilayah yang masih memiliki rasio elektriikasi rendah. “Melistriki wilayah-wilayah di Indonesia bukan sekedar mengejar target rasio elektriikasi karena yang paling utama memberi akses listrik bagi yang belum memiliki. Yang terpenting adalah pemerataan bukan hanya mengejar target”. Harusnya pemerintah malu karena tidak dapat memenuhi kebutuhan pokok warga negaranya. Dengan membiarkan masalah ‘kebutaan’ listrik pada masyarakat, berarti pemerintah secara tidak langsung mendorong atau membiarkan masyarakat tersebut terperosok dalam belenggu kebodohan. Semoga janji pemerintah atau PLN untuk memberikan akses listrik yang merata bagi seluruh rakyat Indonesia di mana pun berada dapat terealisasi. Penulis adalah alumni FKiP UmsU Keuangan: ratnawati S Kom, Jessie Rekening: Bank Mandiri no 106 001 0849 399 a\n pT. Media Angkasa penasehat Hukum: Sukiran SH, M.Kn, Asman Siagian SH, MH Dicetak oleh: pT. Karya Cetak Angkasa, Jl. Bilal Ujung (Komp. Bilal Central no. 12-12A) Medan (isi di luar tanggung jawab percetakan) SeLURUH staf dan wartawan Harian Jurnal Asia tidak dibenarkan untuk meminta dan/atau menerima apapun dari narasumber baik dalam bentuk amplop, uang, honor, biaya transportasi, biaya akomodasi, hadiah, maupun berbagai bentuk gratifikasi lainnya. Jika terdapat hal tersebut di atas, silakan kirim SMS ke 0852 9776 1000. Kami juga menerima segala bentuk kritik, saran, pelaporan, dan pertanyaan demi kemajuan Harian Jurnal Asia.


sENIN 16 AprIl 2018

23

OLAHRAGA

Tempo 5 Menit Gawang PSMS Kebobolan 3 Gol Magelang | Jurnal Asia Penampilan jelek tim berjulukan Ayam Kinanan harus menelan pil pahit dengan kekalahan telak 1-4 atas PSIS Semarang. Petaka ini dalam lanjutan kompetisi Go-jek liga 1 di stadion Mochammad Soebroto Magelang, Minggu (15/4). Laga klasik PSIS Semarang Kontra PSMS di menang tim tuan rumah. Andil kemenangan tersebut dengan permainan cemerlang Bruno Silva dengan Hattrik pada menit 41, 45 dan 64. Ibrahim Conteh juga memberikan kontribusi gol pada menit 43. Sementara PSMS memperkecil kekalahan melalui tendangan Frets Butuan di menit 50. Dalam laga ini gawang PSMS di kawal Dika Bhayangkara dalam waktu 5 menit kebobolan 3 gol. Gol diciptakan Bruno Silva di menit 41 dan 45. Sementara Ibrahim Conteh merobek gawang Dika memasuki menit 43. Menurut Asisten Pelatih PSMS, Yusuf Prasetyo, kurang fokus menjadi penyebab kekalahan timnya.

Sebab hal itu terlihat sehingga lawan mampu menjaring tiga gol dalam beberapa menit di akhir-akhir babak pertama. “Ini (kekalahan) sangat menyakitkan. Gol pertama Bruno sangat berpengaruh kepada kami semua. Setelah gol itu beberapa menit kemudian gol kedua dan ketiga terjadi (jelang turun minum),” katanya dalam jumpa pers usai pertandingan. “Banyak peluang yang kita dapat namun gagal memanfaatkannya dengan baik. Ini menjadi PR (Pekerjaan Rumah) kita untuk pertandingan berikutnya,” tambahnya. Ketika disinggung apakah banyaknya gol yang bersarang di jala PSMS karena absennya Abdul Rohim di bawah mistar, Yusuf menyebut tidak. Bahkan ia membela Dhika Bhayangkara yang bermain bagus di laga itu. “Tidak. Karena Dhika bermain bagus hari ini. Ini semua mungkin karena beberapa pemain kurang fokus,” timpal pria yang akrab disapa Yoyok itu. Sementara kapten sekaligus ikon PSMS, Legimin Raharjo, mengucapkan selamat kepada PSIS yang mampu mengalahkan timnya di laga tersebut. “Pertama saya ucapkan selamat kepada PSIS. Absennya head coach (Djajang Nurjaman) cukup berpengaruh. Tapi

tetap ada komunikasi melalui mas Yoyok perihal segala strategi,” tutupnya. Sebagaimana diketahui, Djajang Nurjaman absen mendampingi skuad asuhannya karena sedang mengikuti pelatihan lisensi Pro AFC di Yogyakarta pada 14-20 April 2018. Selanjutnya skuad Ayam Kinantan akan menjamu Perseru Serui pada lanjutan pekan kelima Liga 1 di Stadion Teladan, Medan, Jumat (20/4) mendatang. (bambang/put) Susunan Pemain PSIS Semarang Jandia Eka Putra (PG), Gilang Ginarsi (23), Petar Pelando (25), Haudi Abdillah (5), Syafrudin Tahar (27), Ibrahim Conteh (55), Hait Ibrahim (24), Bayu Nugroho (92), Bruno Silva (91), Komarudin (10) dan Hari Nur Yulianto (22) Skema: 4-3-3 PSMS Medan Dika Bhayangkara (PG), Djajang Sukmara (28), Renaldo Lobo (4), Roni Fadhillah (7), Firza Andika (3), Dilshod (30), Abdul Aziz (8), Erwin Ramdani (53), Suhandi (29), Frets Butuan (21) dan Yessoh (11). Skema: 4-2-3-1

Atletik Medan Juara Umum Porwilsu Tanjunggading | Jurnal Asia Sukses Medan di arena Porwilsu 2018 Wilayah I berlanjut ketika kembali menjadi juara umum di cabor atletik yang berakhir di lintasan Stadion,Tanjung Gading, Inalum, Kabupatén. Batubara, Minggu (15/4). Medan menjadi yang terbaik di lintasan atletik setelah mengumpulkan total 11 medali emas, 7 perak dan 4 medali perunggu. Peringkat kedua ditempati Sergai yang mengoleksi 5 medali emas 3 perak dan 1 perunggu, diikuti Batubara 3 emas 6 perak dan 8 perunggu. Kontingen tuan rumah unggul tipis dari Dairi yang mengumpulkan total 3 medali emas, 5 perak, 6 perunggu dan harus puas di peringkat IV. Menurut Ketua Umum KONI Kota Medan Drs Eddy H Sibarani, hasil dari Porwilsu ini membuat Medan meloloskan 18 atlet ke Porprovsu 2018. Namun tambahnya, Medan sebelumnya sudah punya wakil di 10 nomor lain cabor atletik yang lolos otomatis ke Porprovsu, termasuk dari atlet-

atlet PSE (Program Sumut Emas)”, ungkap Eddy Sibarani usai menyaksikan para atlet berlomba. Karenanya, sebut Eddy Sibarani, dengan hasil Porwilsu Wilayah I ini, Medan sudah punya bekal cukup untuk bertarung di arena Porprovsu 2018 dan akan berkontribusi dalam mempertahankan gelar juara umum ajang multi event empat tahunan yang digelar November nanti. “Sukses di Porwilsu hendaknya berlanjut ke Porprovsu, sehingga target untuk bisa mendominasi semua cabor yang dipertandingkan di Porprovsu 2018 terwujud,” ungkap Ketua Umum KONI Medan lagi. Technical Delegate cabor atletik dari PASI Sumut Drs Suharjo MPd mengatakan, perlombaan diikuti enam kontingen Kabupaten/Kota dengan mempertandingkan 25 nomor. Daerah yang bertarung adalah Medan, Langkat, Sergai, Simalungun, Dairi dan tuan rumah Batubara (bambang/put)

Jurnal Asia | Ist Ketua Umum KONI Medan Drs Eddy H Sibarani dan Technical Delegate Drs Suharjo MPd pose bersama atlet atletik usai pertandingan di Tanjung Gading Batubara, Minggu (15/4).


24

sENIN 16 AprIl 2018

SPORT 5 Pertemuan Sebelumnya West Ham United Vs Stoke City : - 16/12/17 Stoke City 0 – 3 West Ham United - 29/04/17 Stoke City 0 – 0 West Ham United - 05/11/16 West Ham United 1 – 1 Stoke City - 15/05/16 Stoke City 2 – 1 West Ham United - 12/12/15 West Ham United 0 – 0 Stoke City 5 Pertandingan Terakhir West Ham United : - 24/02/18 Liverpool 4 – 1 West Ham United - 03/03/18 Swansea City 4 – 1 West Ham United - 10/03/18 West Ham United 0 – 3 Burnley - 31/03/18 West Ham United 3 – 0 Southampton - 08/04/18 Chelsea 1 – 1 West Ham United 5 Pertandingan Terakhir Stoke City : - 03/03/18 Southampton 0 – 0 Stoke City - 13/03/18 Stoke City 0 – 2 Manchester City - 17/03/18 Stoke City 1 – 2 Everton - 01/04/18 Arsenal 3 – 0 Stoke City - 07/04/18 Stoke City 1 – 2 Tottenham Hotspur

West Ham United Vs Stoke City

Agresif Pada 17 April mendatang akan diselenggarakan pertandingan Premier League, di pekan ke 34 antara West Ham United Vs Stoke City. Laga ini berlangsung pukul 02.00 WIB di London Stadium (London). Liga big match saat ini yang akan mempertemukan kedua kesebelasan bertanding dengan sangat agresif dalam merebutkan kemenangan. West Ham United yang kini mendapatkan keuntungan bertanding di hadapan para pendukung yang akan memberikan dukungan kepadanya secara langsung. Saat ini West Ham United akan bertanding dengan baik di dalam markas miliknya dalam menjamu Stoke City. West Ham United akan bertanding sebagai kesebelasan yang berada dalam kedudukan ke 14 di dalam klasemen dengan memiliki 34 poin. Saat ini pun West Ham United ingin mendapatkan kemenangan untuk tambahan poin miliknya. Kini Stoke City merupakan kesebelasan dalam kedudukan papan bawah yang haruslah berusaha untuk mendapatkan kemenangan. Stoke City akan bertanding dengan menggunakan skema ofensive untuk dapat berhasil mendapatkan kemenangan. Stoke City akan melakukan pencetakan gol sebanyaknya. Stoke City ingin agar dapat terbebas dari kedudukan papan bawah miliknya saat ini. West Ham United pun akan waspada kaena saat ini ingin lebih dulu berada dalam kedudukan yang lebih baik di dalam klasemen saat ini. (gb/put)

City Taklukkan Totenham London | Jurnal Asia Manchester City mampu memutus laju negatif dengan menaklukkan Tottenham Hotspur. The Citizens disebut bisa bertahan lebih baik hingga bisa memetik kemenangan. Dalam pertandingan lanjutan Liga Inggris di Wembley, Minggu (15/4) dinihari WIB, City menang 3-1 atas Tottenham. Deretan gol City dibukukan oleh Gabriel Jesus, Ilkay Guendogan, dan Raheem Sterling. Tottenham sekali membalas via Christian Eriksen menjelang babak pertama selesai. Dengan kemenangan ini, City memutus laju tiga kekalahan beruntun. Sebelumnya, mereka dua kali takluk dari Liverpool. Tim asuhan Josep Guardiola juga dikalahkan Manchester United di Etihad Stadium akhir pekan lalu. Penggawa lini tengah City, Kevin De Bruyne, mengungkapkan kunci kemenangan

kali ini. Pertahanan yang kokoh menjadi penyebabnya. Dalam data yang dilansir oleh situs resmi Premier League, cuma ada tiga tembakan tepat sasaran Spurs ke gawang City. Sementara dalam pertandingan melawan Liverpool dan MU, ada delapan gol ke gawang City. “Kami berbincang sebelum pertandingan bahwa melawan United dan Liverpool merupakan laga yang bagus,” kata De Bruyne di Soccerway. “Kami pantas memenangi laga-laga itu tapi tak terjadi. Seperti itulah sepakbola.” “Hari ini, kami mencetak gol dan kami bertahan lebih baik. Semua orang berpikir bahwa ini laga sulit, semua orang merasa sedikit kelelahan. Ini merupakan laga berat buat kami,” dia menambahkan. (dts/put)

17 April (beIN Sports 1) pukul 02.00 WIB

Harian Jurnal Asia Edisi Senin, 16 April 2018  

Epaper Harian Jurnal Asia Edisi Senin, 16 April 2018

Harian Jurnal Asia Edisi Senin, 16 April 2018  

Epaper Harian Jurnal Asia Edisi Senin, 16 April 2018

Advertisement