Page 1

KONTRAKAN KITA.


Forum lenteng merupakan organisasi nirlaba yang egaliter sebagai sarana untuk mengembangkan studi sosial dan budaya sebagai alat pengkajian permasalahn-permasalahan budaya dalam masyarakat, guna mendukung dan memperluas peluang bagi terlaksananya pemberdayaan studi sosial dan budaya indonesia. Forum lenteng bekerja dengan merangkum dan mendata aspek-aspek sosial dan budaya yang mencakup kesejarahan dan kekinian di dalm kerangka kajian yang sejalan dengan perkembangan jaman dengan mengadakan pendekatan solutif bagi keberagaman permasalahan sosial dan budaya di indonesia serta internasional.

Jl. Raya Lenteng Agung no. 34 Jakarta 12610 - Indonesia E. forum_lenteng@yahoo.com T. 021-78840373


KONTRAKAN KITA. OTTY WIDASARI | pemateri & partisipan workshop

Hari selalu diawali dengan kebisingan ibu-ibu meneriaki anak-anaknya. Asap masakan mengepul dan warungpun dibuka, diiringi suara mesin serut kayu yang teramat bising. Saat matahari mulai meninggi, bermunculan wajah-wajah mahasiswa yang tidak pernah bangun sepagi para ibuibu atau bapak-bapak kantoran. Mereka, dengan wajah kumal menebar bau kamar kos yang sumpek, satu persatu mengunjungi warung. Yang pertama di pesan adalah kopi, kemudian sebatang rokok. Berikutnya mie instan sebagai santapan pembuka hari sebelum cabut ke kampus. Penghuni yang berusia sangat muda mulai berkeliaran, berlari, bersepeda, ada yang berseragam sekolah, ada yang tidak. Mereka adalah penghuni terbising selamanya, sebising suara mesin serut kayu. Ke-15 karya yang diputar merupakan gambaran kehidupan kami yang hidup bersama dalam 4 tahun terakhir ini di sebuah kawasan huni di pinggir paling selatan Jakarta, yaitu Lenteng Agung. Itulah jendela kami dalam memproduksi karya-karya video ini. Kami bicara tentang diri kami sendiri, lingkungan kami dan bagaimana interaksi di dalamnya terjadi secara alamiah. ‘Kontrakan Kita’ adalah workshop dadakan di antara workshop-workshop reguler forum lenteng. Khusus diadakan dalam rangka memperingati ulangtahun forum lenteng yang ke 4, yang jatuh pada tanggal 13 juli 2007. diikuti oleh 16 partisipan internal forum lenteng dengan output karya produksi video.


PARTISIPAN & SINOPSIS. Lenteng Bergetar Riezky Andhika Pradhana

ATMOSFER Maulana M. Pasha

Dua getaran terjadi secara bersamaan di lenteng agung. Relung penghuni kamar sewaan bergetar karena cinta, dan huniannya bergetar karena kereta lewat.

kehancuran apapun yang terjadi di layar tv, kami tidak peduli, kami tetap asik mengumpulkan puing demi puing, dan... hancurkan...

Taraje Agung Natanael

Bewok : Nun Dia di Mana Eko Yulianto

Jarak antara rumah satu dan lainnya dapat diukur dengan meteran. Apakah sebuah jalinan pertemanan dapat diukur secara persisi dengan angkaangka.

gosip tentang ‘si bewok’ yang gentayangan tapi tidak pernah tampak, beredar di kompleks hunian. Sebuah investigasi terhadap para penghuni makin menajamkan asumsi bahwa ‘si bewok’ memang ada.

Indonesia (0) VS Korea (1) Arrisa A. Ritonga

NUNGGAK Andy Rahmatullah

Babak perempat final Indonesia versus Korea Selatan di perebutan ASIAN Cup menjadi jendela untuk melongok keapatisan penghuni kamar nomor 1 terhadap kenyamanan.

Pintu-pintu kontrakan selalu menyimpan cerita lama tentang awal bulan di mana sang penagih menjadi momok bagi para penghuni.

DUNIA BODAS Faita Novti Krishna Bodas (4 tahun) tidak dapat berinteraksi dengan anak-anak seusianya secara normal karena mengalami Autism Spectrum Disorder

6,33m x 3,70m Ardy Widi Yansah Layer-layer di sepotong jalanan lenteng agung memaparkan kisah tentang trotoar, jalan raya, roda, debu, deru kereta, dan hari-hari yang selalu sama.


Rencana Hari Esok Mahardhika Yudha Saat gelap sudah menyelimuti seantero hunian, apa yang terjadi di balik sekatsekat itu ? Mungkin mereka tidur ? Mungkin mereka bermimpi ? Ah, pasti mereka sedang merancang rencana hari esok. Memanjakan Tubuh Bagasworo Aryaningtyas Tubuh, ruang dan tontonan konsumtif berdesakan meminta tempat, dan akhirnya mereka saling menyesuaikan diri Hanya Ada Sedikit Perubahan, Cahaya, dan Waktu Andang Kelana Rangkuman image diam yang dikumpulkan dalam sebuah rentang waktu, bercerita tentang hubungan yang terjalin antara penghuni kamar yang berjubel dengan lebar ruangan yang tidak memadai. AIR Titin Natalia Dua buah talang air berukuran 5 x 2 meter terpampang di tengah-tengah pemukiman kamar sewaan. dengan beragam karakter penghuninya, mampukah talang air tersebut mencukupi kebutuhan mereka.

Informasi Mendesak di Lenteng Agung Akbar Yumni Api : kecil jadi teman, besar jadi lawan. Rumah 2 Otty Widasari Rumah kami berhadapan langsung dengan pemandangan umum negara dunia ke 3. dan sebaliknya, kehidupan kami adalah pemandangan dunia ke 3 yang paling menarik untuk disaksikan. Ketika Aku Pulang, Tidak ada Mama di Depan Pintu Gelar Agryano Soemantri Sebuah puisi tentang kehidupan di pinggiran yang tidak pernah membosankan.


forumlentengŠ2007

Kontrakan Kita  

Kontrakan Kita adalah lokakarya dadakan di antara lokakarya reguler forum lenteng. Khusus diadakan dalam rangka memperingati ulang tahun For...