Page 1

profile

SMPN 1 Sedati

Jl. Brantas No. 1 Juanda Sedati Telp. 8667427 Sidoarjo - Jawa Timur


SMPN 1 Sedati

Jl. Brantas No. 1 Juanda Sedati Telp. 8667427 Sidoarjo - Jawa Timur


Selayang Pandang Terhitung mulai tanggal 1 Januari 1976, di wilayah komplek TNI-AL Juanda telah dibuka SMP Lanudal Juanda dengan status Fillial II (kelas jauh) dari SMP Negeri 1 Sidoarjo yang di kukuhkan dengan Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Timur No. 256/S/M2/Sk. Tanggal 24 Desember 1975. Kemudian, sejak tanggal 30 Juli 1980 berdasarkan Kepmendikbud No. 0207/0/1980 dari sekolah Fillial II SMP Negeri 1 Sidoarjo menjadi sekolah negeri yang bernama SMP Negeri Juanda, dan sejak 24 Agustus 1989 berdasarkan Kepmendikbud 0507/0/1080 SMP Negeri Juanda resmi berubah nama menjad SMP Negeri 1 Sedati. Dengan berbagai pertimbangan yang dilakukannya akhirnya sejak 30 Mei 2006 berdasarkan Surat Keputuasan Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Perama Dirjen Manajemen Dikdasmen No. 758a/C3/Kep/2006 SMP Negeri 1 Sedati resmi di tetapkan menjadi Sekolah Menengah Pertama Standar Nasional Sampai sekarang sudah 12 Kepala Sekolah yang pernah memimpin sekolah ini, termasuk ketika masih menjadi Fillial II SMP Negeri 1 Sidoarjo yaitu: (1) Toni Subianto, BA, (2) M. Suharto, BA, (3) Suprapto, BA, (4) Harjoso, BA, (5) R. Soedjarwo, (6) Woelyaningsih (PLH) (7) Molyon, BA, (8) Achmad Munif, BA, (9) Seger Harjo, S. BA, (10) Soegiarto, BA, (11) Drs. Margono (PLH) (12) Drs. Fathurrahman, M. Sc, (13) Drs. Soeyono, M. Si (14) Drs. Purnomo, M. Pd. Setelah melewati beberapa periode kepemimpinan, SMPN 1 Sedati terus berkiprah dan di bawah kepemimpinan Drs. Purnomo, M.Pd. Beliau berhasil mengantarkan SMPN 1 Sedati menyandang status Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional. Penetapan status RSBI berdasarkan surat keputusan Direktur Pembinaan SMP Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional No. 1739/C3/D5/2008 pada tanggal 3 November 2008. SMPN 1 Sedati memiliki tenaga pendidik dengan kualifikasi S2 mencapai 37%, sedangkan tenaga pendidik dengan kualifikasi S1 mencapai 59%, dan 3% adalah tenaga pendidik dengan kualifikasi D4 dan D3. Dalam kegiatan PSB (Penerimaan Siswa Baru), sekolah selalu menerima dengan kondisi kualitas yang sangat memprihatinkan, yaitu nilai rata-rata Ujian Nasional atau hasil tes masuk selalu menduduki peringakat antara 40 sampai dengan 42 dari 44 SMP Negeri yang ada di kabupaten Sidoarjo. Dengan kegigihan dan kerja keras seluruh komponen pendidikan, hasil nilai rata-rata Ujian Nasional dapat mencapai peringkat 23 sampai 28 di tingkat kabupeten. Salah satu upaya meningkatkan nilai Ujian Nasional, sekolah telah mengembangakan Program Intensif Belajar terhadap siswa kelas IX untuk pelajaran Ujian Nasional. PIB terdiri atas kegiatan penyajian materi,

2|


Struktur Organisasi SMPN 1 Sedati Tahun Pelajaran 2009-2010

KOMITE SEKOLAH KOLONEL DADUN KOHAR

KEPALA SEKOLAH Drs. PURNOMO, M.Pd

PUSLITBANG

WAKIL KEPALA SEKOLAH Drs. Abd FAQIH, M.Pd

KOORDINATOR TU SUPARI

UR. KURIKULUM ISMUNARKO, S.Pd, M.M Dra. ENDANG S, M.M

KOORD. PERPUS DWIANTI R, M.M.Pd

KOORD. LAB Drs. M. ZEIN

MGMPS

UR. KESISWAAN TURZINA T, M.M.Pd

KOORD. EKSTRA S. UTOMO, M.Pd

WALI KELAS

UR. SARANA H.M. ZAINAL A, S.Ag, M.Pd

KOORD. BP-BK TUTIK M, S.Pd

GURU

SISWA

4|

KOORD. R. AVA

KOORD WAN

SRI MARTINA, S.Pd

TURZINA T, M.M.Pd

KOORD. KOPSIS IRMA B, S.Pd

KOORD. GMP

UR. HUMAS/Pen Jwb. RSBI Drs. SUTIYONO, M.Pd, M.M

KOORD. 7K

KOORD. UKS Drs. ARIES W, M.Pd


Visi, Misi & Tujuan Visi Sekolah Terciptanya Insan Berkualitas, Berkepribadian, Siap di Era Globalisasi Dilandasi Iman dan Taqwa. Indikator Visi 01. Terwujudnya lulusan dengan kompetensi bertaraf internasional, yang cerdas, kompetitif, cinta tanah air, beriman dan bertaqwa. 02. Tersusunnya Kurikulum Sekolah Bertaraf Internasional. 03. Terselenggaranya proses pembelajaran yang bertaraf internasional. 04. Terpenuhinya prasarana dan sarana pendidikan yang bertaraf internasional. 05. Terwujudnya tenaga pendidik dan kependidikan bertaraf internasional. 06. Terwujudnya standar pengelolaan bertaraf internasional. 07. Terselenggaranya penilaian pendidikan bertaraf internasional. 08. Terciptanya penggalangan dana pendidikan yang memadai. 09. Terlaksananya budaya mutu dan lingkungan sekolah yang kondusif.

Misi Sekolah 01. 02. 03. 04. 05.

Mewujudkan sekolah inovatif, kreatif, dinamis dan berwawasan internasional. Menyusun Kurikulum Sekolah Bertaraf Internasional. Menyelenggarakan proses pembelajaran bertaraf internasional. Memenuhi kebutuhan sarpras pendidikan bertaraf internasional. Mewujudkan kualifikasi dan profesionalisasi tenaga pendidik dan kependidikan bertaraf internasional. 06. Menyelenggarakan penilaian pendidikan bertaraf internasional. 07. Menciptakan penggalangan dana pendidikan yang memadai. 08. Melaksanakan nilai-nilai agama, seni budaya dan menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman, bersih, asri, rindang dan sejuk.

|5


|9

profil smpn 1 sedati


Rekapitulasi Program Kegiatan Sekolah Tahun 2010-2011 Sasaran/Program Kegiatan/Penggunaan A

Sasaran ke-1: Sekolah memenuhi layanan optimal melalui efesiensi belanja pegawai, barang, serta daya dan jasa.

1 2 3

Belanja Pegawai Belanja Barang Langganan Daya dan Jasa

B

Sasaran ke-2: Sekolah memenuhi Akreditasi Sekolah Tingkat Nasional dan mempersiapkan Akreditasi Internasional secara bertahap.

4 5

Pemenuhan evaluasi diri dan akreditasi Pemenuhan akreditasi sekolah

C

Sasaran ke-3: Sekolah mampu memenuhi perolehan selisih nilai rata-rata Ujian Nasional (Gain Score Achievement/GSA) setinggi 0,50.

Sasaran/Program Kegiatan/Penggunaan D

Sasaran ke-4: Sekolah memenuhi Standar Kompetensi Lulusan (SKL) SMPRSBI bertaraf internasional dengan focus pada bidang studi Matematika, IPA, Bahasa Inggris, dan TIK kelas VII dan VIII.

9

Pemenuhan workshop penyusunan SKL SMP-RSBI Pemenuhan workshop penyusunan SKL bidang Matematika, IPA, Bhs. Inggris, dan TIK

10

E

Sasaran ke-5: Sekolah memenuhi prestasi sekolah baik akademik dan nonakademik pada tingkat provinsi, nasional dan internasional

11

Memenuhi prestasi bidang akademik sampai tingkat provinsi, nasional dan internasional Memenuhi prestasi bidang studi nonakademik bertaraf internasional Optimalisasi program OSIS Optimalisasi program pengembangan diri PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru)

12 6 7 8

10 |

Pemenuhan pembelajaran efektif Pemenuhan pembelajaran intensif kelas IX Pemenuhan try-out Ujian Nasional

13 14 15


Kurikulum Sekolah A. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) SMP Negeri 1 Sedati 01. Mengamalkan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan remaja 02. Memahami kekurangan dan kelebihan diri sendiri 03. Menunjukkan sikap percaya sendiri 04. Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungan yang lebih luas 05. Menghargai keberagamaan agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup nasional 06. Mencari dan menerapkan informasi dari lingkungan sekitar dan sumber-sumber lain secara logis, kritis, dan kreatif 07. Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis dan kreatif 08. Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya 09. Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari 10. Mendiskripsikan gejala alam dan sosial 11. Memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab 12. Menerapkan nilai-nilai kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara demi terwujudnya persatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia 13. Menghargai karya seni dan budaya nasional 14. Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk berkarya 15. Menerapkan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang

18 |


16. 17. 18. 19. 20. 21. 22. 23. 24. 25.

Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun. Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat. Menghargai adanya perbedaan pendapat. Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis naskah pendek sederhana. Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sederhana. Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan menengah. Memahami dan menghayati jiwa kewirausahaan. Memiliki pengtahuan dan keterampilan tentang ICT dan mampu memilih serta memanfaatkannya dalam kehidupan sehari-hari secara bijaksana (menguasai teknologi informasi dan komunikasi). Memiliki ketangguhan, kedisiplinan, dan kecermatan dalam bekerja (belajar, bertindak, dan berperilaku). Mampu mengembangkan talenta, bakat, dan potensi yang dimiliki dan untuk siap bersaing/berkompetisi di era global.

Keterangan: SKL nomor 23 s.d 25 merupakan tambahan untuk kelas RSBI.

20 |

Profil SMPN 1 Sedati Sidoarjo  

Company profile yang mengulas Visi, Misi, Tujuan, Kurikulum dan Sarana Prasarana Sekolah.

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you