Page 1

TRANSPARANSI MENINGKAT,

EFISIENSI BERTAMBAH

MENGGUNAKAN

THE FORCE & THE STAR August - Septmeber 2016

LOMPATAN

BESAR KEMAJUAN STABIL dan

MENCAPAI KEUNGGULAN

DIGITAL

Definisi Baru Produktivitas:

Perkembangan Baru dalam

TEKNOLOGI INSERT


www.zoller-usa.com

Mission Inspection Simple to use solutions for every measuring task

Three of many ZOLLER tool measuring experts:

»pomBasic«

»threadCheck«

»roboSet / genius 3«

For an economical regrinding or manufacturing process For complete or part measurement of all grinding parameters At the push of a button, including documentation

ENQUIRY NO 015


Welcome to our exhibition booths:

Medical Manufacturing Asia 2016 Marina Bay Sand Booth: 2M07 31 August - 2 September

CIOE

Shenzhen Exhibition Center 6 - 9 September

Manufacturing Myanmar 2016 Yangon 22 - 24 September

Nepcon Vietnam SECC 6 to 8 October

Manufacturing Solution Expo 2016 Suntec 12 to 14 October

Tatronics

A Leader in Video Measurement Technology for more than 70 years SmartScope ZIP Lite 250

SmartScope ZIP Lite 250 merupakan pilihan hemat untuk mendapatkan manfaat pemeriksaan dan pengukuran berbasis video otomatis yang disertai dengan optik zoom bermotor ZIP canggih. Sistem ringkas ini menyediakan volume pengukuran XYZ sebesar 250X150X150 mm dengan opsi perpanjangan sumbu X sebesar 300 mm. SmartScope ZIP Lite 250 menggunakan stage bermotor dengan bantalan mekanis presisi yang dikendalikan oleh joystick, serta skala linear 0,5 µm yang terpasang di dasar dan kolom granit yang secara metrologi stabil. Lensa zoom bermotor 5:1 presisi yang dimiliki sistem ini menjaga gambar tetap tepat fokus dan tepat sumbu di seluruh jangkauan zoom, sementara beragam alat tambahan lensa opsional dan tabung adaptor memperluas jangkauan perbesaran, sehingga semakin meningkatkan nilai guna dan ketangkasan alat. Penerangan profil dan koaksial LED dipadu dengan lampu ring white-LED SmartRing™ yang sudah dipatenkan dan dapat diprogram menghasilkan penerangan yang bisa disesuaikan dengan beragam kondisi pengukuran. SmartScope ZIP Lite 250 juga menyediakan probe sentuh multisensor atau dukungan laser DRS™. ZIP Lite 250 kini mencakup universal Z slide dari ZIP Platform (unit yang lebih kokoh) sehingga menghasilkan keandalan dan kinerja yang lebih baik. SmartScope ZIP Lite 250 menggunakan perangkat lunak metrologi MeasureMind 3D® MultiSensor untuk memaksimalkan manfaat yang ditawarkan lingkungan pengukuran 3D. Measure-X® merupakan opsi pengganti MeasureMind 3D. Perangkat lunak metrologi ZONE3® 3D menyediakan fasilitas analisis geometri yang sangat tangguh namun mudah digunakan.

Taipei Nangang EC 6 to 9 October

Thai Metalex BITEC 23 to 26 November

Manufacturing Indonesia 2016

JL Expo 30 November - 3 December

ShapeGrabber® Ai 810 Scanner System

Optical Gaging (S) Pte Ltd 21 Tannery Road Singapore 347733

Tel: 65 6741 8880 Fax: 65 6741 8998 E-mail: marketing@smartscope.com.sg Web: www.smartscope.com.sg

Singapore • Malaysia • Indonesia Hong Kong • South China Thailand • Philippines • Vietnam Taiwan • Australia • New Zealand Middle East • Myanmar

Sistem pemindai otomatis ShapeGrabber Ai 810 sangat cocok untuk komponen-komponen berbentuk kompleks yang mementingkan kecepatan, cakupan lengkap, dan kemudahan penggunaan. Produsen dapat mengurangi waktu pemeriksaan untuk artikel-pertama dan komponen produksi. Cakupan komponen yang ditingkatkan sangat meningkatkan kepuasan pelanggan dengan mengurangi cacat dan memberikan pengukuran kendali mutu yang ketat yang memenuhi spesifikasi. Pemindaian yang cepat dan efisien juga mengurangi downtime peralatan produksi, limbah material, dan kesalahan manusia.

VICIVISION MTL 300 EVO VICIVISION MTL 300 dirancang untuk bekerja dalam lingkungan produksi yang lebih agresif. Desainnya termasuk penutup perimetral dan akses depan lebar yang memberikan perlindungan maksimal dari kotoran dan mengurangi operasi pembersihan seminim mungkin. Pengukuran efek sistem MTL dengan menggunakan sistem optik non-kontak. Sistem ini terdiri atas kamera linear dan telecentric back-lighter yang menghasilkan efek gerakan vertikal di seluruh panjang bagian.

Software Accessories: Video • Touch Probes • DRS TTL Lasers • Micro-Probes • Rainbow Probe

ENQUIRY NO 021


NLX 2500 | 700

CTX beta 800 linear

u niversal t u rning m achi n e s

The NLX & CTX series – Universal turning at the highest level. For technical information and brochures, visit www.dmgmori.com or your nearest DMG MORI Germany branch


NLX / CTX

by dmg mori nlx 2500 | 700 ideal for heavy-duty machining – optimal damping characteristics with box ways in all axes +

BMT® turret (built-in motor turret) rated at 10,000 rpm for milling, similar to machining centres

+

Chuck components up to ø 460 mm or 366 mm with Y axis, maximum chuck size ø 300 mm (12")

+

Bar machining up to Ø 80 mm Pulley // mechanical engineering Material: SCM435 Dimensions: ø 153 × 170 mm Machining time: 19 min. 10 sec

ENQUIRY NO 025

by dmg mori ctx beta 800 linear 1 g acceleration and maximum long-term precision with the linear drive in the x axis +

Absolute quality from the first component: < 10 μm diameter tolerance and < 10 μm thermal stability with the high-precision turret and active cooling

+

Chuck components up to ø 410 mm, maximum chuck size ø 400 mm (16") and bar machining up to ø 102 mm Adapter ring // drive technology Material: Steel (CK45) Dimensions: ø 95 × 50 mm Machining time: 2.90 min.


4 CONTENTS METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA â&#x20AC;˘ AUGUST - SEPTEMBER 2016

PRODUCTIVE CUTS

18

Lompatan Besar dan Kemajuan Stabil

Di tengah kebutuhan industri yang terus berkembang seperti sekarang ini, evolusi insert karbida menjadi penentu keunggulan mata pisau pemotong. Kontributor Andrei Petrilin, manajer teknis indexable milling, dan Marcel Elkouby, manajer teknik ilmu bahan, material & coating development, Iscar.

PRODUCTIVE CUTS

25

Transparansi Meningkat, Efisiensi Bertambah

Memantau secara ketat semua peralatan yang digunakan dalam proses produksi; memeriksa umur pakai alat dan melakukan pergantian alat tepat pada waktunya hanya dengan sentuhan tombol. Gan Shu Lim, marketing manager Southeast Asia, Walter, memaparkan caranya kepada kita.

SHEET METALWORKING

28

Mengoptimalkan Fabrikasi Pelat dengan Oxy-fuel & Pemotongan Plasma:

Membentuk Potongan

Agnes Tong, product marketing manager, APAC, ESAB menunjukkan bagaimana teknologi pemotongan oxy-fuel mekanis dan plasma dapat saling melengkapi dalam aplikasi fabrikasi berat.

PRODUCTIVE CUTS

22

Definisi Ulang Produktivitas:

Perkembangan Baru dalam Teknologi Insert

Pelanggan selalu berharap untuk pengadaan suku cadang dan perangkat dari produsen yang andal dalam menyediakan produk-produk berkualitas yang mencapai output yang paling minim pengaruhnya terhadap jadwal pengiriman. Staffan LundstrĂśm, product management, parting & grooving, dan Bimal Mazumdar, product manager, Sandvik Coromant, menjelaskan apa yang diperlukan untuk mencapai status tersebut.

SHEET METALWORKING

TECH ZONE

33

36

Lester Lee, manajer pemasaran regional, Hypertherm Asia Pacific, Mary Allen, manajer perlindungan kekayaan intelektual, Hypertherm Inc, Sanjay Kumar, manajer penjualan komponen habis pakai, Hypertherm India, memaparkan pandangan mereka mengenai produk tiruan dan apa yang harus diketahui produsen sewaktu membeli komponen obor plasma.

Dalam waktu sekitar satu dekade mendatang, lantai mesin akan menjadi saksi munculnya konektivitas tingkat baru dengan begitu banyak data yang lalu-lalang melalui jaringan dan sesuai kebutuhan, yang semuanya cukup dengan sentuhan tangan. Artikel kontributor Schaeffler Technologies AG.

Di Balik Komponen Habis Pakai Tiruan

Mencapai Keunggulan Digital


ENQUIRY NO 022


6 CONTENTS METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA • AUGUST - SEPTEMBER 2016

50

TECH ZONE

Micromachining:

40

Menjangkau Hingga Bagian Kecil

Menggunakan The Force & The STAR

APMEN dan IAA diberi kesempatan untuk mewawancarai Dr Thomas Liew, executive director, National Metrology Centre; Lee Shih Mean, senior metrologist, National Metrology Centre; Sim Sem Peng, chairman, Malayan Daching; dan Elton Tong, service manager, Malayan Daching, mengenai hubungan antara Malayan Daching dan A*STAR dalam membangun fasilitas pengukuran gaya 20 MN pertama Singapura. Oleh Mark Johnston.

Pembubutan mikrokomponen titanium memerlukan micromachining khusus, utamanya dalam pembuatan jam dan implan bedah. Oleh Syed Shah.

FEATURES

46

Sektor Automasi Malaysia

56

Kait-Mengait Antara Teknologi

Dalam artikel ini, kita akan membahas 198 vendor automasi Malaysia, yang beberapa di antaranya telah disurvei terkait pandangan mereka terhadap pasar. Kemudian, ini akan dihubungkan dengan perkembangan industri terkini, yakni pergeseran massal di sektor pertumbuhan investasi. Oleh Fabian Teja Boegershausen, manajer, dan Frederik Junge, analis tamu, Solidiance.

Dalam additive manufacturing (AM), perpaduan pembentukan bahan dengan bantuan laser dan pembubutan merupakan aspek yang sangat penting. DMG Mori menjanjikan “tingkat kebebasan tanpa batas” dalam hal konstruksi, presisi, dan kualitas permukaan dari perpaduan ini. Kontributor DMG Mori.

EVENTS & EXHIBITION

METROLOGY & DESIGN

43

53

Inovasi Inspeksi Bengkel Meninjau CMM Generasi Baru

Keajaiban Pertumbuhan Tiongkok:

Tumbuh di antara Raksasa Terlepas dari keresahan di pasar sahamnya, saat ini Tiongkok tetap siap menantang Amerika Serikat sebagai negara adidaya ekonomi dunia. Manufaktur di Tiongkok mengalami pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya, tetapi akankah dongeng ekonomi ini berlanjut? Kisah kontribusi oleh Exxon Mobil.

Peta teknologi yang berubah dengan pesat mengharuskan adanya lompatan dalam kualitas Coordinate Measuring Machines (CMM) yang ada saat ini, baik dalam hal akurasi maupun level otomasinya. Kontribusi oleh Nikon.

REGULARS

TRANSPARANSI MENINGKAT,

Business News Product Finder Exhibition Programmes Product Enquiry Card

68

Datangnya Metalex-pansion

2016 akan menjadi tahun saksi pengembangan pameran Metalex di Thailand setelah ekspansi di BITEC rampung. Syed Shah melaporkan dari Thailand.

62

Indometal 2016

MENGGUNAKAN

THE FORCE & THE STAR August - September 2016

LOMPATAN

BESAR KEMAJUAN STABIL dan

METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA (M.E.N.I.) is published 6 issues per year by Eastern Trade Media Pte Ltd 12 Hoy Fatt Road, #03-01 Bryton House, Singapore 159506 Tel: (65) 6379 2888 • Fax: (65) 6379 2885

MENCAPAI KEUNGGULAN

DIGITAL

Definisi Baru Produktivitas:

Perkembangan Baru dalam VOL. 5 NO. 4 AUGUST - SEPTEMBER 2016

Refer to Advertising Index for Advertiser's Enquiry Numbers

EFISIENSI BERTAMBAH

METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

9 64 67 68A

60

FEATURES

TEKNOLOGI INSERT

Cover credit: Sandvik Coromant

FC AS 2016-01 a.indd 2

26/8/16 2:04 pm

SUBSCRIPTION RATES: M.E.N.I. is available to readers on a per annum subscription basis: US$97.00. Refer to the subscription card in each issue for further details. For change of address, please notify our Circulation Manager. For more subscription information Fax: (65) 6379 2806 Singapore E-mail: peiyu@epl.com.sg


THE GRAND

STEPPING UP TO GLOBAL STANDARDS

NOV 23-26, 2016 BITEC, BANGKOK, THAILAND +66 2686 7299

metalex@reedtradex.co.th

www.metalex.co.th

www.facebook.com/metalexpage

ENQUIRY NO 024


8 EDITOR’S NOTE

METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA • AUGUST - SEPTEMBER 2016

BERGERAK CEPAT Dalam hiruk pikuk kehidupan modern, gerak adalah sesuatu yang tak terelakkan. Orang bergerak dari satu tempat ke tempat lain demi menemukan hidup yang lebih baik. Konsep ini juga berlaku pada uang. Aliran uang menjaga bisnis tetap berjalan. Konsep mobilitas perlahan masuk ke dalam kehidupan sehari-hari kita. Salah satu contoh yang sangat tepat adalah perangkat mobile yang kita bawa. Teknologi mungkin membosankan bagi sebagian orang, tetapi sangat penting bagi mayoritas orang. Dalam situasi apa pun, di era seperti sekarang ini, yang bergerak dan terhubung selalu lebih baik ketimbang yang diam. Perangkat mobile telah berhasil menembus kantor, sekolah, dan pabrik. Tidak ada yang bisa menyangkal bahwa sekarang ini pabrik bergeser ke perangkat mobile. Dari pemindai kode batang sederhana, hingga yang lebih rumit seperti tablet atau smartphone. Karena sifat dasar dari produksi itu adalah bergerak, yang di dalamnya semua orang bergerak tanpa akses ke komputer desktop, tentu menjadi hal yang baik jika teknologi mobile diterapkan dalam produksi. Perangkat seperti tablet dapat secara efektif menampilkan informasi produksi penting yang tadinya hanya tersedia di lantai pabrik. Dengan informasi ini, jajaran manajemen dapat memantau langsung produksi melalui layar dasbor (alat visualisasi) di telepon mereka. Di dunia pengerjaan logam, banyak sekali pelaku yang turut dalam gelombang pergeseran ini. Produsen alat pemotong utamanya, menyediakan aplikasi untuk membantu mekanik dalam pekerjaannya di mana pun mereka berada. Dengan aplikasi ini, pengguna (melalui iPhone) dapat menentukan parameter pemotong sesuai operasi yang diperlukan, juga melakukan pemesanan secara online. Pengguna dapat membandingkan efisiensi biaya dua solusi alat, memesan alat, dan mengakses konten online dari perusahaan. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk menghitung parameter dalam proses face milling, shoulder milling, dan slot milling; pembuatan lubang termasuk drilling dan boring; serta turning (ISO turning dan grooving). Jika waktu adalah uang, penghematan waktu yang ditawarkan mobilitas di lingkungan manufaktur menyimpan nilai guna yang memang tidak terlalu tampak pada awalnya, tetapi akan dirasakan perusahaan dalam jangka panjang. Karena itu barang kali sekaranglah waktu yang tepat untuk bergegas, daripada terlanjur tertinggal.

Syed Shah Senior Editor

Head Office & Mailing Address: Eastern Trade Media Pte Ltd 12 Hoy Fatt Road #03-01 Bryton House Singapore 159506 Tel: (65) 6379 2888 Fax: (65) 6379 2885 Email: apmen@epl.com.sg Web: www.equipment-news.com

managing director Kenneth Tan senior editor Syed Shah

syedshah@epl.com.sg

business development manager Randy Teo randyteo@epl.com.sg

editorial assistant Sharifah Zainon

sharifah@epl.com.sg

graphic designer Jef Pimentel

jeffreypimentel@epl.com.sg

circulation executive Chang Pei Yu peiyu@epl.com.sg

contributors Andrei Petrilin Marcel Elkouby Staffan Lundström Bimal Mazumdar Lester Lee Mary Allen Sanjay Kumar Schaeffler Technologies AG Mark Johnston Nikon Fabian Teja Boegershausen Frederik Junge Exxon Mobil DMG Mori

All rights reserved. No portion of this publication covered by the copyright herein may be reproduced in any form or means – graphic, electronic, mechanical, photocopying, recording, taping, etc – without the written consent of the publisher. Opinions expressed by contributors and advertisers are not necessarily those of the publisher and editor. Printed in Indonesia by PT. Persada Utama Tirta Lestari


BUSINESS NEWS

Ini diterjemahkan dari bahasa inggris

LNG Turun 38,7 Persen Tahun ke Tahun

Produsen Alat Otomotif Melakukan Standardisasi Produk Delcam di Seluruh Perangkat Jerman: Selama lima tahun terakhir, produsen alat otomotif Jerman Konrad S c h ä f e r M o d e l l un d F o r m e n b au telah mengganti semua CMM statis dan por t abelnya, ser t a pemindai g e n g g amn y a , d e n g an p e r an g k a t lunak inspeksi PowerINSPEC T dari Delcam. Standardisasi satu perangkat lunak tersebut telah menghasilkan biaya pelatihan yang lebih rendah, fleksibilitas staf yang lebih baik, dan kompatibilitas CAD yang sempurna. “Kami melihat diri kami sebagai salah satu produsen terkemuka model kendali de s ain dan dat a , cubing inspeksi dan fungsi, dan alat pengukur kendali untuk industri otomotif Eropa,” kata Jörg Große-Beilage, kepala dari model making department, yang sudah berbasis di Osnabrueck sejak 1962. Ak tivit as t ambahan mencakup model untuk interior kendaraan dan prototipe untuk lampu kendaraan, serta jig dan cetakan untuk komposit serat karbon dirgantara. Konrad Schäfer GmbH mengubah gagasan pelanggan menjadi realitas – lima hingga sepuluh tahun sebelum mereka siap untuk produksi massal – dengan bantuan pendekatan inovatif untuk prototipe, teknologi CAD, CAM

Singapura: Harga spot gas alam cair (LNG) untuk pengiriman ke Asia timur laut mencapai rata-rata $4,460 per juta British thermal unit (/MMBtu) untuk April, menurut data Platts Japan/Korea Marker terbaru untuk pengiriman bulan-depan. Angka tersebut mencerminkan penilaian JKM harian yang diterbitkan oleh Platts, penyedia informasi dan harga acuan independen terkemuka untuk pasar komoditas dan energi, antara 16 Februari dan 15 Maret, yang dinyatakan sebagai rata-rata bulanan. Dengan harga $4,460/MMBtu, JKM April adalah 38,7 persen di bawah harga untuk bulan pengiriman yang sama tahun 2015. Data historis Platts menunjukkan JKM untuk pengiriman April juga di tingkat rata-rata bulanan terendah sejak Juli 2009, ketika rata-rata bulanan untuk pengiriman Agustus adalah $4,226/MMBtu, menurut Platts. Sentimen untuk April dan selanjutnya untuk Mei tetap turun karena perkiraan persediaan tambahan dari proyek baru dan proyek yang baru-baru ini berjalan di Amerika Serikat dan Australia, serta volume tambahan dari proyek LNG Angola yang dimulai pada kuartal kedua 2016. JKM telah memulai bulan perdagangan di $4,70/MMBtu, sebelum meluncur ke level terendah intra-bulan $4,25/MMBtu pada paruh pertama bulan. Perkiraan kelebihan pasokan dari proyek yang akan segera berjalan semakin membebani sentimen pasar. Namun, tekanan ke bawah pada harga berumur pendek, karena permintaan untuk pengiriman April muncul pada saat yang sama dari beberapa pembeli yang ingin cepat mengisi posisi April mereka. Tender beli dari Argentina, PTT, SK, Posco, GSPC, Gail, dan IOC untuk pengiriman April memulihkan tren penurunan harga tersebut. dan metrologi terbaru, serta bengkel mesin modern. Große-Beilage juga dengan bangga menunjukkan bahwa keterampilan teknis masih merupakan bagian penting dari filosofi organisasi, sesuatu yang tidak mungkin tanpa keberadaan staf yang termotivasi dan terlatih. Hampir di setiap stasiun kerja terdapat sebuah CMM, baik itu yang manual statis atau CNC CMM, atau arm ukur portabel. Beberapa mesin pengukur tersebut usianya berbedabeda dan sebagian dari Mora, Zett Mess dan Stiefelmayer, sedangkan arm portabel dari FARO. Selain serangkaian fitur yang luas

dan dukungan dari Delcam, antarmuka yang ramah pengguna adalah faktor kunci bagi Herr Große-Beilage dan t imny a . C AD File Manager dal am PowerINSPEC T adalah contohnya; f itur ini memudahkan pengelolaan kelompok komponen . Kepu tus an juga mudah karena PowerINSPEC T ditawarkan dengan rasio harga-kinerja terbaik sejauh ini. Konrad Schäfer GmbH saat ini menggunakan 16 lisensi PowerINSPECT, yang dibeli secara ber tahap. Pada awalnya, tahun 2009, perusahaan membeli dua lisensi dan menjalin kontrak untuk membeli empat lisensi tambahan setiap tahun berikutnya.

9


10

AUGUST - SEPTEMBER 2016 • METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

Cheryl Bush dari Kennametal Memperoleh Women In Manufacturing STEP Award

Ekspor Baja Tiongkok Mencatat Rekor Tertinggi 112,4 Juta Ton Pada 2015 Shanghai, Tiongkok: Ekspor produk-produk baja Tiongkok naik 20 persen dari tahun 2014. Menurut statistik perdagangan yang dirilis oleh General Administration of Customs Tiongkok, total ekspor mencapai 112,4 juta ton, menembus batas 100 juta untuk pertama kalinya. Hasil ini melanjutkan peningkatan ekspor produk baja selama enam tahun berturutturut, dan semakin menjauhkan mereka dari pesaing terdekat, Jepang. Lonjakan ekspor tersebut terutama disebabkan oleh perlambatan ekonomi di Tiongkok, sehingga para produsen lokal lebih beralih ke pasar luar negeri untuk menjual baja mereka akibat menurunnya permintaan domestik sedangkan produksi surplus. Peningkatan pesat ekspor Tiongkok ini menyebabkan harga baja jatuh secara drastis. Jepang, produsen baja terbesar kedua, adalah yang paling merasakan dampak dari masifnya ekspor Tiongkok. Mereka memperkirakan penurunan empat persen dalam produksi baja mentah, dan harus melihat total output baja mentah mereka kalah oleh volume ekspor Tiongkok.

Produsen Baja Vietnam Khawatir dengan Formosa Ha Trinh, Vietnam: Formosa memicu kekhawatiran persaingan yang ketat di pasar baja domestik Vietnam. Formosa, pembuat baja terpadu yang didanai oleh perusahaan Taiwan Formosa Plastics Group yang bekerja sama dengan raksasa baja Jepang JFE Steel Corporation, baru saja memulai percobaan produksi pada 24 Desember 2015. Dengan kucuran modal investasi US$10,5 miliar, banyak yang awalnya memper tanyakan pengeluaran tersebut dan kurangnya pengalaman dari perusahaan induknya, baik dalam kaitannya dengan baja dan geografi. Tapi karena batch pertama dari baja hot rolled coiled diproduksi pada bulan Desember, produsen baja Vietnam lainnya mengamati Formosa dengan sedikit cemas, beberapa analis khawatir dengan perusahaan-perusahaan baja dalam negeri setelah Formosa resmi mulai produksi pada tahun 2016. Pabrik baja tersebut diperkirakan memiliki kapasitas 7,5 juta ton, 12 kali lebih tinggi dari produsen baja terbesar berikutnya di Vietnam Utara, Thai Nguyen Cast Iron & Steel Mill. Masa depan pabrik itu tampaknya siap melakukan langkah besar, dengan modal yang diperkirakan melambung hingga US$26 miliar dan kapasitas produksi ditambah menjadi 22,5 juta ton baja per tahun. Terlepas dari kekuatan ekonomi dan manufak turnya, Formosa telah menyatakan bahwa mereka tidak akan bersaing dengan produsen dalam negeri, tetapi berfokus pada memproduksi baja ingot dan baja yang digunakan dalam produksi industri, bukan baja struktural yang dibuat oleh pabrik-pabrik yang sudah ada.

Jerman: Direk tur Global Strategic Pricing di Kennametal, Cheryl Bush, menerima penghargaan dalam 4th Women in Manufacturing STEP (Science, Technolog y, Engineering and Pr o duc t ion) A w ar d s y an g diselenggarakan oleh The Manufacturing Institute. S TEP Awards meng akui kiprah p er emp uan di s emua t in g k a t an , dari lantai bengkel produksi hingga C-suite, yang telah memperlihatkan kepemimpinan yang baik dalam dunia manufak tur modern. Penghargaan tersebut merupakan bagian dari STEP Ahead Initiative, yang diluncurkan untuk meneliti dan mendorong peran perempuan dalam industri manufaktur melalui pengakuan, penelitian, dan kepemimpinan untuk menarik, memajukan, dan memper tahankan bakat perempuan yang kuat. “Karier saya di bidang manufaktur terdorong oleh an tusia sme s ay a ter hadap ilmu p enge t ahuan dan m a t e m a t ik a un t uk m e n c ip t a k a n pr o duk dan l ay anan n y a t a y an g membuat perbedaan dalam kehidupan ma s yarakat ,” ujar Ms . B u s h . “ M an u f ak t ur m e n a w a r k a n kesempatan yang luas untuk inovasi dan penciptaan nilai dalam semua aspek pengembangan produk hingga pengiriman. Memiliki karier di bidang manufak tur merupakan hal yang menarik dan bermanfaat bagi saya.” Ms Bush bergabung bersama tiga perempuan lain dari Kennametal, Helen P a t r ic ia , C olle en C or do v a dan Mar tina Igel, yang menerima penghargaan tersebut pada tahun 2013 dan 2014. “Kami sangat senang Cher yl mewakili Kennametal dalam STEP A w ar d s t ahun ini ,” u jar C o l le e n Cordova, Kennametal Vice President, Industrial North America dan mantan p e n e r i m a S T EP A w a r d . “ M e l a l u i kepemimpinan dan kontribusinya yang sangat berharga untuk perusahaan,


AUGUST - SEPTEMBER 2016 • METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

terutama dalam manajemen proses, Cher yl berperan sebagai inspirasi untuk perempuan generasi berikutnya dalam indus tri dan menunjukkan kesempat an t ak terbat as yang tersedia bagi perempuan di bidang manufaktur.” The Manufac turing Ins titution akan menganugerahkan penghargaan tersebut kepada Ms Bush dan 130 penerima penghargaan lainnya dalam acara khusus penerimaan STEP Awards pada 21 April di Washington, D.C.

Konflik Impor di Industri Baja Vietnam Hai Duong, Vietnam: Vietnam barubaru ini meluncurkan inves tig a si impor baja batangan dalam menghadapi limpahan baja Tiongkok yang membanjiri pasar, tetapi tidak semua pihak senang. Setelah tahun 2015 impor baja naik 22,56 persen, termasuk 1,78 juta metrik ton baja batangan, empat produsen baja utama Vietnam, Hoa Phat, Southern Steel , Thai Nguyen dan VietnamItaly Steel, menyerukan peningkatan peraturan mengenai baja Tiongkok. Penyelidikan mengenai baja batangan saat ini sedang berlangsung dan mungkin bisa mengakibatkan sanksi pajak impor yang lebih tinggi. Walaupun ini mungkin kabar baik untuk empat produsen utama, yang s ec ar a tot al meng ha silk an lebih dari 4 0 per sen baja bat ang an di Vietnam, tet api perusahaan kecil kurang sependapat. Mayorit as produsen baja di V iet nam relat if kecil dan mar g in keuntungan mereka cukup banyak bergantung pada perolehan impor b aja lebih mur ah dar i T iong kok . Perusahaan seperti Pomina meminta p em er in t ah un t uk m emb a t al k an penyelidikan tersebut. Penyelidik an ini diper k ir ak an berlangsung minimal enam bulan.

Pertumbuhan Masa Depan Melalui Sinkronisasi dan Kerja Sama Singapura: ESAB, produsen dan pemasok peralatan, sistem dan bahan pengelasan dan pemotongan, sukses menggelar APAC (Asia Pacific) Distributor Conference 2016 di Sanya, Hainan, pada 11-12 Januari. Konferensi dengan tema “Stronger Together” ini memberikan kesempatan untuk berbagi dan bertukar pengalaman di kawasan ini dan membina hubungan kerja sama jangka panjang yang stabil. Selama konferensi dua hari ini, tim manajemen, teknis dan penjualan ESAB, bersama-sama dengan lebih dari 70 distributor dari Tiongkok dan Asia Tenggara, membicarakan bagaimana untuk sepenuhnya memanfaatkan perkembangan dan keuntungan regional APAC untuk memaksimalkan berbagi sumber daya dan menjawab tantangan baru pada tahun 2016. “Mulai tahun 2015, dua tantangan yang didorong oleh peningkatan manufaktur dan perlambatan ekonomi dengan cepat memengaruhi seluruh rantai industri, termasuk pemasok peralatan pengelasan dan pemotongan yang paling awal terkena dampaknya. Dengan integrasi dan restrukturisasi antara ESAB dan Victor, kami akan menjadi pemasok solusi pengelasan dan pemotongan terintegrasi terkemuka pada skala global. Di lingkungan pasar yang selalu berubah, satu-satunya cara untuk menggali potensi pasar dan peluang, serta mencapai hasil menang-menang, adalah melalui kerja sama yang lebih erat dengan mitra saluran dan keterlibatan di tingkat eksekutif,” kata Mr. Stanley Chew, vice president & managing director, ESAB APAC. Selama konferensi, manajemen ESAB dari Tiongkok dan APAC menyajikan berbagai topik, termasuk pengelolaan saluran, perkiraan pasar tahun 2016, prospek produk baru, berbagi kisah sukses dan persaingan nilai-jual. Upacara penghargaan untuk distributor berprestasi diadakan selama konferensi. Dalam sesi berbagi kasus, distributor dari berbagai industri memamerkan kisah sukses produk dan pengalaman dan membahas bagaimana memberikan layanan yang lebih profesional dan efektif kepada klien. Salah satu yang menarik di konferensi tersebut adalah persaingan nilai-jual yang membantu distributor lebih memahami prinsip-prinsip penjualan ESAB. Distributor dibagi menjadi kelompok-kelompok yang mereka bermain peran dalam skenario yang berbeda. Jurinya adalah panel ahli ESAB mengenai nilai jual. Seorang distributor berkomentar, “Selama kondisi ekonomi yang tidak menentu yang tidak berada dalam kendali kita, konferensi ini dikemas dengan wawasan dan informasi berharga yang akan membantu untuk pengembangan dan perencanaan bisnis kita. Sesi pengembangan tim telah membangun ikatan yang kuat untuk kolaborasi dan kerja sama yang lebih baik.”

11


12

AUGUST - SEPTEMBER 2016 • METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

Desay SV Automotive Electronics Memilih Siemens Tiongkok: Huizhou Des ay S V Automotive Electronics (Desay SV) t e l ah m e mil ih S i e m e n s s e b a g ai mi t r a s t r ate g is untuk per ang k at lunak product lifecycle management (P L M ) . D e s a y S V m e n y e b u t k a n kemampuan unik dari penawaran perangkat lunak komprehensif Siemens un tuk meny atuk an s emua a spek pengembangan produk sebagai kriteria penting dalam keputusannya. Kemitraan ini juga merupakan langkah penting dalam persiapan perusahaan untuk menyambut revolusi industri keempat, yang umum dikenal sebagai Industry 4.0. Dengan mengadopsi seperangkat lengkap solusi per ang k at lunak PL M dari Siemens untuk industri otomotif guna mengembangkan produk elektronik otomotif secara holistik, Desay SV berharap dapat meningkatkan kualitas produk, mengurangi time-to-market, mengurangi biaya dan meningkatkan daya saingnya. Kedua pihak juga akan bekerja sama untuk mengeksplorasi masa depan manufaktur digital. “Siemens adalah salah satu pionir dalam visi dan strategi Industry 4.0,” kata Tan Choon Lim, Chairman Desay SV. “Mereka memiliki pengalaman luas dan teknologi canggih di bidang manufaktur digital dan cerdas yang akan memungkinkan kami untuk menerapkan solusi terpadu untuk manajemen proyek, pemodelan 3D, kolaborasi, kualitas, dan manufaktur. Tim mereka memahami bisnis kami – posisi kami sekarang dan harapan kami ke depan – dan mereka dapat memenuhi kebutuhan pengembangan produk kami. Dengan kerja sama ini, kami berencana untuk secara bertahap bergerak maju menuju tujuan kami bertransformasi menjadi perusahaan digital dan sepenuhnya menganut Industr y 4.0 dalam cara menjalankan model bisnis kami.” Sebagai penyedia global terkemuka un tuk p er ang k at lunak PL M and Manufacturing Operations Management (MOM), sistem dan layanan, Siemens menawarkan Digital Enterprise Software Sui te y ang menjadi da s ar un tuk

A P P O I N TM E N TS

Walter Mengangkat Asia Pacific Regional President Of Sales yang Baru Kim Seidelman telah diangkat menjadi presiden regional wilayah penjualan Asia-Pasifik. Walter akan mengelola penjualan global di empat wilayah, tidak lagi tiga seperti sebelumnya. Selain Asia dan Amerika, ada dua organisasi penjualan lain di Eropa: Satu untuk pasar Eropa Barat dan Selatan, dan satu fokus untuk Eropa Tengah dan Timur. Sebagai bagian dari struktur penjualan yang baru, Walter mengangkat Kim Seidelman Kim Seidelman sebagai Regional President for Asia-Pacific yang baru. Hingga kini, Seidelman bertugas sebagai Managing Director of Walter USA. “Saya bangga bahwa jabatan penting ini ditempati oleh manajer berpengalaman dari internal kami di Walter,” kata Mirko Merlo, President of Walter. “Kami tetap setia kepada diri sendiri: Saya percaya tim manajemen kami yang sangat internasional mencerminkan keragaman pelanggan di target pasar kami. Dengan struktur penjualan baru, kami akan menjadi lebih dekat dengan pelanggan kami di masa depan dan akan dapat bereaksi terhadap kebutuhan teknologi dengan cara yang lebih fleksibel dan intensif.” “Tujuan saya adalah menjadikan wilayah Asia-Pasifik sebagai pasar Walter dengan pertumbuhan tercepat. Kami memiliki potensi untuk melakukan hal ini dengan Engineering Kompetenz dan fokus pelanggan yang kuat,” kata Kim Seidelman.

mengembangkan perusahaan digital. Paket ini melampaui kebutuhan Industry 4.0 dengan menciptakan “digital twin” yang secara akurat dan secara virtual memodelkan karakteristik fisik dan kinerja suatu produk melalui proses inovasi keseluruhan, dari penciptaan ide hingga realisasi dan pemanfaatan. Setelah melakukan penelitian intensif dan pertimbangan yang cermat, Desay SV menilai bahwa Siemens adalah penopang teknologi yang sangat penting untuk peta jalan Industry 4.0. Perusahaan mengatakan bahwa solusi yang disediakan oleh Siemens akan sangat meningkatkan efisiensi dan kualitas produk Desay SV, mengurangi time-to-market dan merealisasikan p eng hema t an biay a dar i pr o s e s manufaktur. Pengalaman dan keahlian Siemens di industri manufaktur dan otomotif juga mendukung keputusan Desay SV untuk menjalin kemitraan ini. Siemens terus melakukan dan memberikan solusi berdasarkan kebutuhan industri pelanggan. Untuk pemasok elektronik otomotif, Siemens menawarkan solusi dan teknologi untuk memungkinkan

inovasi berbasis model, membantu pelanggan untuk mengatasi tantangan dan memenuhi tuntutan pasar yang cepat berubah. Berbasis di kota Huizhou di Tiongkok, Desay SV membuka kantor cabang dan R&D di Nanjing, Shenzhen, Singapura, Eropa, dan Jepang. Desay SV adalah pemasok untuk lebih dari 60 produsen otomotif di pasar global dan dipandang sebagai pemasok terbaik berkat R&D yang kuat dan kualitas layanan yang sangat baik selama bertahun-tahun. “Pema sok elek tronik otomotif terdorong untuk mengoptimalkan dan mengatur proses dan sistem mereka, karena mereka menghadapi ledakan dan kebutuhan pasar yang cepat berubah,” ujar Leo Liang, Senior Vice President and Managing Director of Greater China di Siemens PLM Software. “Kami merasa terhormat untuk bermitra dengan Desay SV untuk mengatasi tantangan yang meningkat dalam kompleksitas bisnis bersama, dan mencapai tujuan revolusioner manufaktur digital dan Industry 4.0. Melalui kerja sama erat, kami akan menetapkan standar manufaktur digital di industri elektronik otomotif.”


AUGUST - SEPTEMBER 2016 • METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

Toyota dan Mitsubishi Mengucurkan Investasi untuk Produksi Kendaraan di Filipina Filipina: Mitsubishi Motors Philippines Cor p or a t ion (MMP C) dan Toyo t a M o t o r s P hil ip pin e s C o r p o r a t io n (TMPC) mengumumkan mereka akan mengucurkan sekitar P8 miliar (US$172 juta) dalam program Comprehensive Automotive Resurgence Strategy (CARS) pemerintah Filipina pada tahun 2018. CARS adalah program yang dirancang untuk mendongkrak industri manufaktur kendaraan di Filipina dan menjadikan negara ini sebagai pusat manufaktur otomotif regional. Program ini diharapkan dapat menciptakan aktivitas ekonomi senilai P300 miliar dan peningkatan PDB setidak-tidaknya 1,7 persen. “Pemerintah telah menetapkan target tinggi terkait program CARS ini, yakni mempromosikan skala produksi berkelanjutan yang akan membuat sektor otomotif mampu bersaing di kawasan dengan model-model kendaraan spesifik,” ungkap asisten menteri perdagangan, Rafaelita Aldaba. Desember lalu, dewan investasi (Board of Investments, BOI) menerbitkan k aidah dan r e g ul a s i p en er ap an (Implementing Rules & Regulations, IRR) program CARS. Menurut BOI, calon perusahaan perakit mobil lokal dapat mengajukan dukungan fiskal maksimal P27 miliar dengan memproduksi tiga model kendaraan di lingkup lokal atau P9 miliar per model. Setiap peserta diberi waktu enam tahun untuk memproduksi masing-masing 200.000 unit. BOI telah mengkonfirmasi bahwa MMPC dan TMPC ikut dalam program ini. K ar e na b e r p ar t i s ip a s i dal am program CARS, Toyota dan Mitsubishi juga wajib melokalkan produksi rangka bodi dan komponen pla s tik yang berukuran besar. Saat ini, komponenkomponen tersebut masih diimpor sehingga industri manufaktur mobil lokal tidak bisa bersaing. MMPC berkomitmen mengucurkan P4,3 miliar untuk mendirikan fasilitas produksi lokal sedan Mirage dan Mirage G4, yang diperkirakan siap beroperasi pada awal 2017.

Perusahaan Baja Tiongkok Rugi Lebih dari $11,6 Miliar pada 2015 Tiongkok: Kelebihan produksi dan merosotnya permintaan menyebabkan perusahaan baja Tiongkok rugi besar pada tahun 2015. Perlambatan ekonomi, yang terutama disebabkan oleh mereka sendiri, sangat membebani industri baja Tiongkok. Selama periode Januari-November 2015, perusahaan baja utama Tiongkok mengalami kerugian US$11,6 miliar. Chairman China Iron and Steel A ssociation (CISA), Zhang Guangning mengungkapkan bahwa total kapasitas baja mentah tahunan sekarang 1,2 juta ton. Rekor tertinggi produksi baja ini setelah adanya pengurangan harga baja secara drastis, dan Mr Zhang mengeluhkan kurangnya mekanisme untuk memungkinkan perusahaan baja untuk keluar pasar. “Beberapa perusahaan ingin keluar, tapi jalan keluar belum dibuka dan beberapa pemerintah daerah terus mendesak perusahaan baja untuk berproduksi demi kepentingan pembangunan ekonomi dan keamanan lokal,” ujar Mr Zhang. CISA, yang menaungi sekitar 100 pabrik baja, dan menyumbang hampir 80 persen dari total output baja, lebih dari setengah anggotanya mengalami kerugian pada tahun 2015. Mr Zhang menunjuk kegagalan pengurangan output baja untuk menyesuaikan dengan penurunan permintaan baja sebagai penyebab utama kerugian. Akibatnya terdapat dorongan kuat untuk ekspor, sehingga pasar global dibanjiri oleh baja murah Tiongkok. Dampaknya sangat terasa di negara-negara seperti Inggris, yang industri bajanya berada di ambang kehancuran karena tidak mampu bersaing dengan harga baja Tiongkok. Adapun negara-negara lain, seperti India, telah menerapkan langkah-langkah proteksionis dalam upaya untuk melindungi produsen baja domestik mereka. Inves tasi produsen kendaraan asal Jepang ini juga meliputi fasilitas pencetakan logam senilai P2 miliar di Laguna. Pabrik berkapasitas 30.000 unit per shift ini akan digunakan untuk memproduksi rangka bodi besar untuk unit hatchback dan sedan Mirage. Pabrik perakitan di Laguna saat ini memproduksi Mitsubishi Adventure dan L300. “Di bawah program CARS, proyeksi volume produksi kami adalah 200.000 unit dalam periode enam tahun. Untuk mencapai target ini, MMPC berencana meningkatkan kapasitas pabriknya dengan menambah shif t ,” ungkap presiden dan CEO MMPC, Yoshiaki Kato. “Mengingat asosiasi industri otomotif dan ekonom mempredik si tingkat

penjualan total industri akan mencapai 500.000 unit pada 2020, MMPC ingin menjadi salah satu mitra pemerintah dalam pertumbuhan dan perkembangan ekonomi nasional,” ungkap MMPC dalam sebuah pernyataan. Sejalan dengan MMPC, TMPC juga mengucurkan investasi awal sebesar P3,22 miliar dimulai tahun ini untuk produksi sedan Vios. Produksi akan dimulai tahun 2018, dengan target kapasitas produksi 230.000 unit dalam periode enam tahun. Program CARS juga menarik investasi di bidang pembuatan komponen seperti panel bodi mobil besar, bemper, panel instrumen, lampu depan, peredam kejut, tangki bahan bakar plastik, kain untuk kendaraan, dan lain-lain.

13


14

AUGUST - SEPTEMBER 2016 • METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

Perusahaan-perusahaan AS Semakin Kompak Keruwetan Melakukan Langkah-langkah Anti-Dumping yang Belum Terpecahkan di Kendaraan Otonom

A S: Empat produsen bes ar lembar an dan keping an baja t ahan k ar at melayangkan petisi anti-dumping dan bea masuk sebagai bentuk reaksi terhadap derasnya arus masuk baja buatan Tiongkok. Memperkuat langkah perusahaan baja dalam melindungi pasar domestik dari serangan baja murah Tiongkok, keempat produsen utama AS untuk lembaran dan kepingan baja tahan karat melayangkan petisi yang mengklaim impor baja dari Tiongkok saat ini menimbulkan kerugian material bagi industri dalam negeri. AK Steel Corporation, ATI Flat Rolled Products, North American Stainless, dan Outokumpu Stainless USA , Limited Liability Company melayangkan petisinya untuk mendapatkan keringanan dalam menghadapi derasnya arus impor baja tahan karat dari Tiongkok, yang nilainya naik 133 persen sejak 2013. Departemen Perdagangan akan memutuskan perlu tidaknya investigasi anti-dumping dan bea masuk dalam 20 hari, sementara United States International Trade Commission (USITC) akan memberikan kesimpulan awal tentang benar tidaknya kerugian material atau ancaman kerugian material dalam 45 hari, dengan proses investigasi penuh diharapkan rampung dalam waktu sekitar satu tahun.

Peluncuran Platform Baru untuk Berbagi Informasi dan Ilmu Munich, Jerman: Hoffmann Group meluncurkan kanal online Hoffmann Group TV sebagai media untuk menyampaikan konten film mereka. Melalui portal videonya, perusahaan yang menyediakan 70.000 alat dari inventori produsen ini menawarkan media cepat dan mudah untuk memperoleh informasi tentang pembubutan, milling, drilling, turning, pengukuran, grinding, workstation, dan solusi penyimpanan profesional dalam satu platform. Tren industri, tips dari pakar, kabar terkini perusahaan, serta portofolio produk dan layanan dari Hoffmann Group menjadi fitur utama portal ini. Platform ini juga akan meliput proyek-proyek sosial yang dilakukan Hoffmann Group Foundation dan musim DTM 2016, sementara layanan push e-mail dapat dimanfaatkan pengguna untuk mengikuti pembaruan terkini yang dilakukan terhadap portal. “Sebagai perusahaan keluarga yang sukses, kami membantu memecahkan masalah pelanggan dan mitra dalam jangka panjang. Koleksi materi video kami yang lengkap kini akan memberikan kontribusi penting terkait upaya ini,” tanggapan Olaf Mörk, direktur pemasaran Hoffmann Group. “Dengan memasukkan konten video kami di portal TV milik sendiri, kami memudahkan akses berita produk terbaru dan video-video bermanfaat, yang artinya kami dapat menularkan ilmu lebih cepat lagi. Portal ini juga terhubung langsung ke gerai online kami serta halaman mengenai produk baru yang dijelaskan secara detail. Sehingga, pelanggan dapat langsung memperoleh informasi produk dan mencari tahu kondisi yang relevan.”

California, AS: Tren baru teknologi otomotif sebenarnya sudah terlihat jelas dalam beberapa tahun belakangan. Mobil otonom. Belakangan ini besar sekali perhatian yang dicurahkan terhadap kendaraan otonom. Tesla mengenalkan sis tem Summon, Google Car terus muncul di pemberitaan, dan pameran Detroit Au to Show y ang bar u s aja tu tup menjadi ajang untuk menampilkan segala mobil konsep yang berbasis automasi. Masa depan yang ditung gutung gu itu sudah dekat , tet api belum jelas kapannya. Sebuah laporan dari Californian Department o f M o t o r Ve h i c l e s m e n u n ju k k a n betapa kusut masalah yang harus diurai ag ar mobil otonom benarbenar siap ditur unk an di teng ah lalu-lintas yang serba otomatis. Laporan yang menghimpun data dari September 2014 hingga 2015 itu mengungkapkan fak ta yang kerap diabaikan dari kemajuan teknologi, yakni aspek kegagalan. Enam perus ahaan dilibatkan dalam penelitian, semuanya bersedia memberikan informa si seput ar keterputus an s ambung an selama mobil dikendarai. Perusahaan dimak sud meliputi Tesla, Google, Vo l k s w a g e n , N i s s a n , M e r c e d e s , Delphi Automotive systems, dan Bosch. Te s l a m e m i l i k i h a s i l y a n g p al ing m eng g embir ak an , m er aih skor s empurna t anpa inter vensi, meskipun paparan mereka termasuk yang paling kurang detail dibanding perusahaan lain. Google mengalami 3 41 i n t e r v e n s i , t e t a p i m a m p u menempuh jarah terjauh dibanding perusahaan lain, yakni lebih dari 643.737 km (400.000 mil). Nissan mengalami 106 intervensi, Mercedes 1.051 inter vensi, Delphi 4 0 5 in t e r v e n s i , Vo l k s w a g e n 2 6 0 intervensi, dan Bosch 625 intervensi.


AUGUST - SEPTEMBER 2016 • METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

SUNY New Paltz Membuka Superlab Additive Manufacturing Baru

Minneapolis dan Rehovot: Hudson Valley Advanced Manufac turing Center (HVAMC) di State University of New Yor k di New Palt z (SUN Y New Paltz) telah membuka superlab Additive Manufac turing. Superlab yang menggunakan printer 3D kelas tinggi dari teknologi PolyJet dan FDM ini telah mendapatkan predikat dari perusahaan solusi 3D printing dan additive manufacturing, Stratasys, sebagai “SMART lab”, dengan nama laboratorium Strat a s ys MakerBot Additive Research and Teaching. HVAMC menyediakan saran ahli tentang proses 3D printing, bahan, dan desain bagi kalangan mahasiswa dan kalangan bisnis Hudson Valley. Lab 3D printing ini ditargetkan menjadi salah satu superlab 3D printing paling canggih di lingkup nasional. Lab ini menggunakan serangkaian printer 3D dari Stratasys 3D, antara l ain pr inter 3D Obje t 26 0 Conne x multi-material kelas industri, printer 3D Fortus 400mc untuk produksi, unit dua dimensi, dan lebih dari 40 printer 3D MakerBot. Lab ini akan dapat diakses oleh seluruh kampus , dari maha sis wa teknik dan seni hingga mahasiswa Bahasa Inggris dan filsafat, termasuk dosen pengajar. Fasilitas ini juga akan berfungsi sebagai pusat layanan 3D printing untuk masyarakat dan bisnis di sekitar, sehingga diharapkan dapat membantu menumbuhkan ekonomi Hudson Valley.

“Predikat SMART lab merupakan l ang k ah y ang s ang a t b e s ar b ag i HVAMC,” ungkap Dan Freedman, dekan School of Science and Engineering yang sekaligus merupakan direktur H VA M C . “ P e r p a d u a n f o k u s u n i k kami pada seni, teknik, dan sains, s e r t a p e n g ak u an d an duk un g an dari produsen printer 3D terkemuka di dunia akan mendorong kami ke pengalaman pendidikan lintas bidang ilmu yang tidak ada bandingannya, membantu kami menopang dunia bisnis regional, dan memberi fakultas

kami alat dan ilmu untuk melakukan penelitian mutakhir di bidang seni, teknik, dan perancangan.” Bekerja s ama deng an Hudson Valley Economic Development Corporation, sumber daya lengkap bagi bisnis di area tersebut, HVAMC di SUNY New Paltz diharapkan dapat menarik bisnis baru dan merangsang per tumbuhan ekonomi di wilayah Hudson Valley. Perusahaan ini telah memainkan peran penting dalam kerja sama dengan universitas untuk melet akkan da sar-da sar program additive manufacturing dan teknik mesin yang saat ini telah bisa dinikmati oleh semua mahasiswa, bisnis setempat, dan masyarakat. “Kami tak pernah hentinya dibuat kagum oleh kemitraan industri yang dijalin SUNY New Paltz. Investasi yang mereka lakukan di bidang peralatan additive manufacturing kelas industri di SMART lab, dipadu dengan staf ahli mereka, telah membuka akses bagi semua pihak,” ungkap Gina Scala, direktur pemasaran global Stratasys Education. “Menarik sekali melihat bagaimana perkembangan ekonomi indus tri lokal berpadu dengan perkembangan akademi, menciptakan gelombang inovasi dan memberikan manfaat bagi semua pihak.”

Produksi Baterai Lithium Ion Diperkirakan Naik Signifikan Tok yo, Jepang: Pr o du s en Jep ang berspekulasi pada lonjakan permint aan untuk mobil lis trik dengan mempercepat produksi Liion bahan baterai. Baterai Li-ion mungkin adalah tren otomotif besar paling tak kentara yang meningkat pada 2016. Permintaan mobil listrik terus naik, yang puncaknya ditandai dengan pasar baterai Li-ion yang diperkirakan mencapai US$10 miliar, naik 50 persen dibanding 2014. Perkiraan kenaikan produksi ini muncul melihat pemain besar global seperti Nissan yang memulai proyek baterai Li-ion senilai US$27,67 miliar, Sumitomo Osaka Cement yang berencana menggandakan kapasitas pabriknya di Vietnam, serta Central Glass yang sedang mempercanggih fasilitasnya agar dapat melakukan produksi baterai secara massal di Tiongkok dalam waktu yang lebih cepat. Persyaratan keselamatan yang ketat terkait baterai Li-ion memberikan keuntungan tersendiri bagi perusahaan-perusahaan Jepang karena telah memiliki keunggulan teknologi.

15


16

AUGUST - SEPTEMBER 2016 • METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

ABB Mengakuisisi Solusi Automasi SVIA

Zurich, Swiss: ABB mengumumkan telah mengakuisisi SVIA, perusahaan penyedia sel automasi robot untuk machine t ending (b ong k ar mua t komponen) di tengah pa s ar yang bergeliat. Berkantor pusat di Jönköping, Swedia, SVIA membuat solusi otomatis untuk proses machine tending, menggunakan robot untuk memasukkan komponen ke alat bubut dan alat giling, serta prosesproses sekunder seperti perakitan, pencucian, dan penandaan komponen. Perusahaan ini memiliki portofolio lebih dari 800 solusi sel machine tending yang mengintegrasikan automasi robot untuk meningkatkan produktivitas, fleksibilitas, dan kualitas produksi. Dipadu dengan keahlian ABB dalam bidang Internet of Things, Services and People (IoTSP), akuisisi ini diharapkan mampu menawarkan nilai unik bagi kalangan industri di seluruh dunia. ABB akan mengintegrasikan SVIA ke dalam bisnis robotiknya di divisi Discrete Automation and Motion, dan akan menjadikan divisi ini sebagai pusat aplikasi global machine-tending. Akuisisi ini memperluas portofolio machine tending ABB dengan semakin beragamnya aplikasi cang gih dan terintegrasi visi untuk industri seperti otomotif, plastik, dan elektronik. Sistem sel machine-tending SVIA, dipadu dengan perangkat lunak ABB, akan mengurangi biaya teknis secara drastis terkait pemasangan mesin baru. Perluasan portofolio ini tentu menguntungkan baik bagi OEM (produsen peralatan asli)

mesin maupun pengguna tetap mesin CNC (Computer Numeric Control), tak terkecuali bagi jaringan mitra penyalur global ABB. “Solusi automasi perintis SVIA sangat cocok dengan unit bisnis robotika ABB yang terkemuka di dunia. SVIA sudah

menggunakan robot-robot ABB dalam por tofolio solusi machine-tending mereka yang inovatif. Bersama-sama, kami mengembangkan sel automasi robot FlexMT ABB yang dapat meningkatkan pemakaian mesin perkakas hingga 90 persen, dibandingkan dengan 50 hanya persen jika menggunakan machine tending manual,” ungkap Pekka Tiitinen, presiden divisi Discrete Automation and Motion ABB. “Bersama-sama, kami akan meningkatkan pertumbuhan melalui komitmen kami terhadap fokus pelanggan dan dengan menyediakan solusi lengkap terpadu berbasis IoTSP. Pendekatan ini menjadi dasar keberhasilan SVIA dan merupakan elemen utama dalam strategi pertumbuhan ABB berikutnya.” Meningkatnya minat terhadap automasi machine tending robotik didorong oleh tuntutan peningkatan produktivitas dan fleksibilitas karena arahnya sekarang adalah produksi dalam kuantitas kecil namun lebih beragam. Automasi robot dapat meningkatkan keselamatan dengan melindungi pekerja dari mesin-mesin yang bergerak cepat.

Schaeffler Menyuplai Komponen Penting Untuk Terusan Panama Baru

Kota Panama dan Schweinfurt: Setelah proses pembangunan sembilan tahun, saluran ketiga terbaru dari Terusan Panama akhirnya dibuka. Saluran ini dapat dilewati kapal berukuran panjang maksimal 366 meter dan lebar 50 meter, sebagai jalan pintas antara Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik. Selama ini, jalur ini dibatasi untuk kapal dengan panjang maksimal 290 meter dan lebar 32 meter. Solusi bantalan dari Schaeffler membuat gerbang dan katup pengunci terus bergerak. Komp onen buat an S chae f f ler memainkan peran penting dalam pengoperasian gerbang pengunci. Pengunci ini diperlukan baik di sisi

Atlantik maupun Pasifik agar kapal dapat mengatasi selisih ketinggian 26 meter dan melintas. Hal ini bisa dicapai berkat tiga pengunci berturut-turut yang dibanjiri air dari reservoir yang saling bersebelahan. Gerbang pengunci dibangun dari beton ber tulang yang ukurannya sangat besar. Demi keselamatan, dua gerbang telah dipasang di setiap dam yang bisa membuka ke samping. Mekanisme pembukaan dan penutupan gerbang dikembangkan oleh perusahaan teknik asal Italia, Cimolai Technology. Untuk membuka dan menutup gerbang, masing-masing dilengkapi dua uni t peng ger ak u t ama y ang


AUGUST - SEPTEMBER 2016 • METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

menggerakkan kerekan kawat. Silinder kerekan kawat baja ditopang oleh bantalan rol sferis buatan Schaeffler. Karena diperlukan torsi yang sangat ting gi (hing ga 330.000 Nm) untuk meng gerakkan gerbang , terdapat ju g a g e ar b ox di s e t iap g er b an g untuk mening k at k an tor si motor listrik hingga 280 kali lipat. Gearbox yang dikembangkan oleh PIV Drives (perusahaan milik Brevini Group) ini secara khusus menggunakan bantalan rol tirus, sferis, dan silindris buatan Schaeffler. Hampir semua bantalan telah diberi pelapis Triondur C dari Schaeffler untuk mencegah aus dan menjamin keawet annya selama 35 tahun. Di atas dan di bawah reservoir, dua “gerbong ” memandu gerbang seberat 3.100 ton. Di sini, digunakan puli pemandu yang harus mampu menahan bobot mati gerbang serta tekanan air sebesar 430 juta liter per reservoir. Puli pemandu ini dilengkapi dengan bantalan rol sferis yang disuplai oleh Schaeffler. Salah satu fitur penting dari Terusan Panama baru adalah tiga reservoirnya yang terletak di dekat masing-masing dam. Reservoir ini menjamin siklus air yang bisa menjaga sumber daya, sementara beberapa katup dibuka di sebuah saluran bawah tanah untuk mengosongkan air dari dam. Saluran ini menghubungkan kolam penyimpan air dan dam. Karena ukurannya yang b e s ar, k atup y ang disupl ai oleh Hyundai Samho ini juga disebut dengan gerbang. Puli pemandu baja untuk gerbang-gerbang ini menggunakan bantalan buatan Schaeffler. Bantalan yang digunakan di sini diberi lapisan pelat kromium, sehingga sangat tahan terhadap korosi. Berag am varian pelapis Durotect yang dikembangkan oleh Schaef f ler digunakan untuk aplikasi ini. Rekayasawan Schaeffler, Francesco Capittini menjelaskan tantangan di balik solusi bantalan untuk Terusan Panama: “Gerak lambat menimbulkan beban kuasi-statis pada bantalan dengan gaya yang sangat besar.” Selain itu, Terusan Panama harus bisa beroperasi sepanjang wak tu mengingat peran pentingnya bagi perdagangan dunia. Perawatan hanya bisa dilakukan lima tahun sekali.

EuroBLECH 2016 Kembali dengan Kompetisi Online yang Fokus pada Industri Pengerjaan Logam Lembaran Generasi Baru

Hanover, Jerman: Setelah sukses dengan kompetisi online pertamanya pada tahun 2014, EuroBLECH 2016 kembali tahun ini dengan menyajikan “Pengerjaan Logam Lembaran Generasi Baru”. Kompetisi online ini akan memberikan penghargaan kepada enam organisasi atau individu pelaku industri pengerjaan logam lembaran atas praktik terbaik, inovasi, kesempurnaan, dan kinerja luar biasa di enam kategori. Kompetisi mengikuti tema utama pameran industri tahun ini, dengan kategorikategori yang fokus pada perkembangan dan tren terkini di industri pengerjaan logam lembaran. Kategori pertama, “Pabrik Masa Depan”, akan memberikan penghargaan kepada organisasi atau individu atas implementasi metode manufaktur pintar yang brilian. Kategori kedua, “Wanita dan Inovasi”, menilai prestasi dan proyek mutakhir yang dicapai wanita di sektor pengerjaan logam lembaran. Proyek-proyek universitas terbaik di bidang sains dan teknik yang ada hubungannya dengan teknologi logam lembaran dapat bersaing di kategori “Keunggulan Akademis”. Kategori “Desain Asli” terbuka bagi perusahaan yang membuat produk-produk luar biasa yang berbahan logam lembaran. Kategori “Generasi Muda” mencari kinerja luar biasa dari para karyawan junior dan penemu belia. Terakhir, kategori “Teknologi Bersih” memberikan penghargaan kepada solusisolusi ramah lingkungan dan metode manufaktur yang lestari. Penyerahan penghargaan kepada keenam pemenang akan dilakukan secara resmi dalam upacara penyerahan penghargaan di EuroBLECH 2016. Pameran tahun ini merupakan pameran teknologi pengerjaan logam lembaran internasional ke-24, dan akan berlangsung tanggal 25 hingga 29 Oktober 2016 di Hanover Exhibition Grounds, Jerman. Pameran industri ini merupakan ajang unjuk kebolehan teknologi pengerjaan logam lembaran terbaru, dengan daya tarik utama yakni peragaan mesin secara langsung. Saat ini, sudah ada 1.418 peserta dari 40 negara yang siap meramaikan EuroBLECH 2016, menyuguhkan berbagai macam mesin, alat, dan sistem di lahan pameran seluas 90.000 meter persegi dan terdiri dari delapan gedung. Pameran ini mewakili seluruh rantai teknologi pengerjaan logam lembaran: logam lembaran, produk setengah jadi dan produk jadi, penanganan, pemisahan, pembentukan, pengerjaan logam lembaran fleksibel, penggabungan, additive manufacturing (AM), pengelasan dan perlakuan permukaan, pengolahan struktur hibrida, peralatan, kendali mutu, sistem CAD/CAM/CIM, dan litbang.

17


18 PRODUCTIVE CUTS

LOMPATAN BESAR dan KEMAJUAN STABIL Di tengah kebutuhan industri yang terus berkembang seperti sekarang ini, evolusi insert karbida menjadi penentu keunggulan mata pisau pemotong. Kontributor Andrei Petrilin, manajer teknis indexable milling, dan Marcel Elkouby, manajer teknik ilmu bahan, material & coating development, Iscar.

Editorial

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris Got a Question? Make An Enquiry.

ENQUIRY NUMBER

4001

Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com

K

arbida tersemen adalah bahan ker a s y ang b any ak dig unak an dalam alat pemotong untuk p e mb ub u t an . D al am ko n t e k s indus t r i, is t il ah k ar bida at au k ar bida tungs ten biasanya mengacu kepada komposit tersemen ini. Pemotong karbida memiliki banyak keung g ulan. Di hampir semua kondisi, bahan ini menghasilkan permukaan akhir komponen ha sil bubut an yang lebih baik, juga membuat proses pembubutan

lebih cepat jik a dibanding k an deng an pemotong high-speed steel (HSS). Selain itu, alat karbida mampu ber tahan pada suhu lebih ting gi di bagian per temuan ant ara pemotong dan komponen kerja d i b a n d i n g a l a t H S S s t a n d a r, k a r e n a itul ah pembubut an ber l ang sung lebih cepat . Karbida bia sanya ung gul dalam pemotongan bahan-bahan keras seper ti baja campuran ting gi at au baja t ahan karat , ser ta ung gul dalam situasisi t ua si y ang membua t al a t p emo tong


AUGUST - SEPTEMBER 2016 â&#x20AC;˘ METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

Kemajuan ilmu dan teknologi telah berdampak besar pada proses pembuatan insert. aus lebih cepat , mis alny a dalam oper a si produk si y ang l ama dan berjumlah banyak. Pemanfaatan karbida tersemen untuk keperluan industri pemotong an log am dimulai pada era 1930-an. Sejak saat itu, karbida menjadi bahan paling populer untuk produk si alat pemotong. U n t uk al a t-al a t y an g uk ur ann y a relatif kecil, semuanya dibuat dari bahan karbida; sementara alat lainny a meng g unak an k arbida di area pemotongnya saja. Awalnya, area pemotong terdiri dari ujung karbida yang dikeraskan atau dipatri ke badan al at . Namun , pada er a 1940-an, produsen alat pemotong mulai membuat alat pemotong yang segmen karbidanya bis a dig antiganti, dan secara mekanis terpasang di badan alat. Inovasi pintar dan penggunaan klem mekanis ini (jauh lebih kuat dibanding sambungan perkerasan s ebelumny a) k ini diak ui s eb ag ai tong g ak penting , bukan s aja di bidang produk si alat , tet api juga dalam kemajuan ef isiensi di semua industri pengerjaan logam. Perkembangan besar ini memunculkan penyempurnaan mengesankan dalam hal produk tivitas di area operasi pembubut an. Segera setelah itu, penambahan beban pada alat dan peningkatan laju penyisihan logam menjadi tidak mustahil lagi. Selain memas tikan peng gantian yang mudah dan ekonomis terhadap elemen pemotong yang aus atau patah, metode hemat ini memungkinkan pembagian produksi segmen pemotong dan badan alat. Te r g a n t u n g b e n t u k i n s e r t y a n g dipakai, inser t dapat diindek skan

dengan cepat sehingga alat pemotong yang aus langsung bisa diganti dengan berbagai metode, misalnya memutar inser t di sumbunya atau menjungkirbalikkannya . Awalnya , segmen pemotong baru ini memiliki banyak nama seperti throwaway tip, interchangeable insert, replaceable inser t, dll. Kini, istilah yang umum digunakan adalah indexable inser t. Teknologi yang digunakan dalam pembuatan indexable inser t pada dasarnya adalah metalurgi serbuk, yang terdiri dari: - penyiapan serbuk karbida (pencampuran) - penekanan serbuk (pemadatan) - penyinteran padat - proses lanjutan setelah penyinteran - pelapisan Secara prinsip, selama puluhan t ahun, t ahapan ini ma sih tet ap berlaku. Namun, kemajuan ilmu dan teknologi telah berdampak besar pada proses pembuatan inser t. Dahulu, inser t buat dengan mesin manual. Karena itu, penerapan berbagai proses met alur g i s erbuk y ang komplek s sangat sulit dilakukan dan bahkan mustahil. Dengan datangnya peralatan industri yang lebih maju, dilengkapi automa si cang gih dan kontrol komputer, proses teknologi menjadi lebih s t abil , ter kendali, dan andal. Akibatnya, sifat mekanis dari inser t yang dihasilkan semakin seragam, dapat dipredik si, dan dapat diulang; fak tor-fak tor inilah yang menciptakan penyempurnaan dramatis dari segi keakuratan in s er t sin ter an k arena toler an si produksi berkurang.

Kini, mesin press produksi insert merupakan alat yang sangat teknis yang dikendalikan oleh komputer. Lubang yang bisa digerakkan dapat dibuat dari beberapa â&#x20AC;&#x153;sublubangâ&#x20AC;?, yang masing-masing dibuat secara terpisah. Sebagian desain mesin pres s menyediakan f itur multi-a xial pressing. Kemajuan luar biasa di bidang teknologi press memungkinkan produk si inser t-inser t berbentuk rumit yang ditandai dengan keting gian sudut yang bervariasi (Gbr. 1). Kapasitas ini menciptakan geometri pemotongan optimal , yang menjamin, bukan hanya pembubutan halus dan stabil, melainkan juga peningkatan akurasi pada permukaan hasil bubutan. Selain itu, dengan keung gulan yang ditawarkan oleh sistem CAD/ CAM modern, desain dan komponen pembentuk pada set cetakan press pun semakin baik . Kemampuan simulasi proses press terkait produk sin ter an bar u pada aw al perancangan juga memungkinkan pengubahan rancangan dan penyempurnaan. Teknik-teknik baru dan canggih terkait penyinteran master inser t s e m a k in m e n in g k a t k a n k u a l i t a s

Perkembangan besar ini memunculkan penyempurnaan mengesankan dalam hal produktivitas di area operasi pembubutan.

19


20

METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA â&#x20AC;˘ AUGUST - SEPTEMBER 2016

Pelapis PVD merupakan kemajuan besar karena mengatasi masalah kompleks yang menghambat perkembangan di bidang nanoteknologi. proses. Penyinteran gradien ter hadap subs t r at mult i-k ar bida meng ha sil k an l apis an a t a s y ang tipis yang memiliki kandungan kobalt ting gi. Lapisan gradien menghambat perkembangan retakan dan meningkatkan ketahanan terhadap kegetasan dan kepatahan. Kini, substrat ini lazim digunakan pada alat turning. Sebelum 1980 -an, kela s-kela s karbida tidak diberi pelapis. Agar kel a s bahan lebih uni ver s al dan bis a dig unakan untuk membubut berbagai bahan teknis, produsen alat menemukan kelas bahan yang mengandung beragam aditif. Penerapan teknologi pelapisan telah mengubah dras tis dunia pembubu t an; k ini hampir s emua kelas bahan karbida telah d i b e r i p e l a p i s . Te k n o l o g i b a r u ini memungkinkan kela s bahan dikhususkan untuk memotong jenis bahan ter tentu. Aditif yang digunakan dalam substrat semakin sedikit ; karena itu s truk turnya pun lebih seragam dan s tabil, sehing g a meningkatkan kontrol selama produksi. Pengenalan karbida berpelapis dan pengembangan terus-menerus di bidang ini oleh perusahaan seperti Iscar misalnya, telah meningkatkan kecepatan pemotongan secara signif ikan. Tig a puluh t ahun lalu misalnya, opera si turning besi tuang abu-abu meng gunakan kecepatan pemotongan sekitar 100 m/menit dengan insert buatan Iscar y ak ni I C 20 (ke l a s k ar bida t anp a pel apis). K ini, IC 50 05 berpel apis memungkinkan kecepat an hing ga

Gambar 2 - Struktur lapisan nano dari pelapis kelas karbida IC807 (gambar SEM)

Gambar 3 - Gambar SEM permukaan pelapis CVD sebelum (kiri) dan sesudah (kanan) perlakuan pascapelapisan Sumotec

Gambar 4 - Efek perlakuan Sumotec terhadap permukaan salutan PVD: apermukaan tanpa perlakuan, b- permukaan dengan perlakuan

600 m/menit. Contoh lain, operasi milling baja tahan karat martensitik dahulu dilakukan pada kecepatan sekitar 80 m/menit dengan IC 50M (kelas karbida tanpa pelapis). Kini kecepatannya bisa mencapai 300 m/ menit menggunakan IC5500 (kelas karbida berpelapis). Angka-angka ini meng gambarkan bagaimana k ar bida b er p el apis mencip t ak an lompatan besar dalam hal kecepatan pemotongan. Te k n o l o g i p e l a p i s a n t e r u s berkembang ke dua arah utama Chemical Vapor Deposition (C VD) dan Ph y s ic al Vap o ur D ep o s i t ion (P V D). B uk t i u t am a ke m ajuan di bidang CVD adalah diperkenalkannya

pelapis keramik Alumina. Pelapis ini membuat pembubutan bisa dil ak uk an p ada ke cep a t an lebih tinggi karena sifatnya yang mampu mengisola si suhu deng an s ang at baik , memilik i t ing kat kekera s an t in g g i , s er t a ke s t abil an k imia w i pada suhu tinggi. Pelapis PVD diperkenalkan sekitar akhir 1980-an. Pelapis ini merupakan kemajuan besar karena mengatasi masalah kompleks yang menghambat perkembangan di bidang nanoteknologi. Pelapis PVD menghadirkan kelas baru pelapis berlapisan nano yang t a h a n a u s . P e l a p i s i n i (G b r. 2 ) merupakan kombinasi lapisan-


AUGUST - SEPTEMBER 2016 â&#x20AC;˘ METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

l ap i s an b e r ke t e b al an hin g g a 5 0 nm (nanometer) dan menghasilkan peningkatan signif ikan dalam hal kekuatan salutan jika dibandingkan dengan metode konvensional. Te k n o l o g i m o d e r n m e m b u a t keduanya (CVD dan PVD) dipadukan un t uk s alu t an in s er t ag ar s i f a ts i f a t p e l ap i s b i s a dike n d al ik an . Con tohny a adal ah kel a s k ar bida DT7150 dari ISCAR yang menggunakan substrat kuat dan pelapis ganda MT CVD dan TiAlN PVD. Kelas ini awalnya dikembangkan untuk meningkatkan p r o d uk t i v i t a s p e m b ub u t a n b e s i tuang keras keperluan khusus. Kemajuan besar lain di bidang teknologi inser t adalah dalam hal perlakuan setelah pelapis an. C on t ohny a adal ah S um o t e c dar i I s c a r, m e t o d e p e r l a k u a n u n t u k permukaan insert yang sudah diberi pelapis. Teknologi pascapelapisan cang gih menghasilkan karbida deng an kekuat an dan ket ahanan aus yang lebih baik , sehing ga meningkatkan produktivitas. P ada p el apis C V D, diha sil k an kuat tarik internal karena perbedaan koef isien pemuaian termal antara subs trat dan lapisan pelapis. Selain itu, pelapis PVD mengalami droplet permukaan. Fak tor-fak tor ini b er damp ak n e g a t i f t er hadap pelapis sehing g a memperpendek umur pakai inser t . Pengunaan

Gambar 5 - Struktur kelas bahan IC6025 dari Iscar, yang dirancang khusus untuk operasi turning bahan ISO M

teknologi pascapelapisan Sumotec akan mengurangi dan bahkan menghilangkan cacat tak diinginkan ini dan meningkatkan umur p ak ai b ahan , s ehin g g a ak hir n y a meningkatkan produk tivitas (Gbr. 3 dan 4). Pengembangan t anpa henti di bidan g t ek n o lo g i in s er t k ar bida telah mencetuskan beberapa area perkembang an. Me tode c ang g ih pengepresan dan penyinteran, pros e s pel apis an dan per l ak uan pascapelapisan, perlakuan permukaan baru, dan optimalisasi g e ome t r i p emo t ong an di t ujuk an untuk membuat indexable in s e r t y an g m e m e nuhi t un t u t an ef isiensi pembubutan dari industri pengerjaan logam modern. Kelas bahan baru yang dikembangkan oleh Iscar, IC6025, dikhususkan untuk operasi turning bahan-bahan kelompok ISO M (baja aus tenit dan baja t ahan k ar at duplek s). Pel apis kel a s ini merupakan pelapis multi-lapis an y ang sudah menjal ani per l akuan pa s c apel apis an . Kel a s bahan ini meningkatkan produktivitas turning bahan di indus tri penerbangan secara signif ikan (Gbr. 5). Di antara kelas karbida terkini d a n p a l in g c a n g g ih , I s c a r t e l a h mengembangkan kelas IC806 untuk turning dan grooving aloi suhu tinggi.

Teknologi modern membuat keduanya (CVD dan PVD) dipadukan untuk pelapis insert. IC806 adalah kelas berpelapis PVD Sumotec baru untuk pembubutan aloi suhu tinggi, terutama Inconel 718. Kelas baru untuk pembubutan In co n e l 7 1 8 ini t e r m a s uk d a l a m kelompok aloi super berbahan dasar nikel yang banyak digunakan untuk apl ik a si-apl ik a si y ang menun t u t ketahanan terhadap suhu tinggi dan ketahanan korosi yang tinggi. Bahan ini banyak dig unakan di indus t ri penerbang an, di komponen y ang letaknya di bagian panas mesin, serta di berbagai sektor industri minyak. Mikrostruk tur Inconel 718 terdiri dari struk tur austenit yang memiliki kuat tarik dan kuat luluh yang tinggi. Masalah utama dalam p embubu t an In con e l 7 18 adal ah suhu di mata pisau pemotong yang sangat tinggi, karena elemen aberasif yang terkandung dalam komposisi bahan (nikel 50-55 persen, krom 1721 persen) mengakibatkan cepat aus, memicu timbulnya serpihan, takik, dan patahnya insert. Faktor-faktor ini berkontribusi terhadap berkurangnya umur pakai dan tingginya kerusakan bentuk di mat a pis au pemotong , bahkan pada kecepatan pemotongan yang rendah. Ma s alah lain terkait dengan Inconel adalah bahan ini cenderung cacat bentuk; ini karena sensitivitas met alurginya terhadap tekanan residu dan efek pengerasan sendiri selama pemotongan. Untuk membubu t b ahan unik ini, tel ah dikembangkan kela s IC806. Ini adal ah ke l a s s ubmik r o n d en g an TiAlN dan pelapis Sumotec dari Iscar yang menghasilkan ketahanan aus yang sangat tinggi. IC806 memiliki subs trat submikron keras dengan pelapis PVD tipis ser ta perlakuan khusus setelah pelapisan, yang akhirnya meningkatkan umur pakai dan keandalan.

21


22 PRODUCTIVE CUTS Coating Inveio Sandvik Coromant memiliki kristal satu arah dan arah pertumbuhan kristal beraturan. Setiap kristal lapisan coating alumina berderet dalam arah yang sama (ditampilkan sebagai warna kuning seragam dari kristal alumina pada gambar).

Definisi Baru Produktivitas:

PERKEMBANGAN BARU dalam TEKNOLOGI INSERT Pelanggan selalu berharap untuk pengadaan suku cadang dan perangkat dari produsen yang andal dalam menyediakan produk-produk berkualitas yang mencapai output yang paling minim pengaruhnya terhadap jadwal pengiriman. Staffan Lundstrรถm, product management, parting & grooving, dan Bimal Mazumdar, product manager, Sandvik Coromant, menjelaskan apa yang diperlukan untuk mencapai status tersebut.

S Editorial

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris Got a Question? Make An Enquiry.

ENQUIRY NUMBER

4002 Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com

eiring dengan kian kompetitifnya indus tri pemotongan logam, bengkel bubut terus mencari cara untuk memberikan diferensia si pasar. Dikombinasikan dengan persyaratan l in g k un g an y an g le bih ke t a t , o p e r a s i pembubutan menjadi semakin otomatis un t uk m e njamin e f i s ie n s i e n e r g i dan produk si yang ramping dengan limbah, interupsi dan keterlambatan pengiriman yang minimal. Industri otomotif tidak hanya di garis depan dalam proses manufaktur otomatis, tetapi memimpin dengan kesediaannya untuk mengomunikasikan jumlah energi

y ang dibu tuhk an un tuk meng ha silk an set iap kendaraan. Gaya potong dalam opera sional pembubut an komponen hanyalah salah satu bagiannya, sedangkan daur ulang, l imbah, dan jumlah insert yang digunakan, adalah parameter lain yang harus dipertimbangkan. Memaksimalkan Output Tu j u a n p e m a s o k p e r k a k a s a d a l a h merancang alat pemotong premium yang dapat menangani kecepatan, pemakanan dan ke dal aman p o t ong an y ang lebih , untuk memak simalkan output . Akan tetapi, perencanaan produksi masa kini ber sifat lebih holis tik dibandingkan sebelumnya. Bahkan, meningkatkan data pemotongan sebes ar 30 per sen dalam operasional tertentu kini tidak lagi memadai. Akibatnya, permintaan terhadap manufaktur berkelanjutan serta produksi otomatis tanpa operator membutuhkan pemahaman yang benar-benar baru tentang arti produktivitas. Survei pasar mengindikasikan bahwa mayoritas bengkel bubut menempatkan


4325 memiliki kemampuan untuk dijalankan pada data pemotongan yang lebih tinggi dibandingkan hampir semua kelas P25 lainnya - produktivitas dengan efisiensi pemotongan logam

Efisiensi pemotongan logam - cm3/menit

AUGUST - SEPTEMBER 2016 â&#x20AC;˘ METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

Pr

od

u

iv kt

it a

s

Produktivitas di seluruh bidang P25 yang besar dan bervariasi untuk batas tertentu adalah ukuran individu, tergantung pada jenis produksi. Tapi pada umumnya hal itu merupakan kombinasi efisiensi mesin, yang sering diukur dalam tingkat penyisihan logam, dan pemanfaatan mesin perkakas, dalam potongan yang dibubut per jam. Untuk tepi pemotongan, ini berkat kelebihan dari data pemotongan dan masa pakai alat.

10-200% peningkatan masa pakai alat terlihat dengan 4325 (rata-rata > 30%) - produktivitas pemanfaatan mesin meningkat

Pemanfaatan mesin - %

Coating Inveio Sandvik adalah inovasi dalam teknologi bahan alat yang secara fundamental mengubah insert yang memiliki lapisan. Alat ini memiliki orientasi kristal satu arah yang dicapai melalui proses CVD baru, memberikan struktur coating yang lebih kuat dan beraturan. Properti baru muncul yang menguntungkan untuk menahan kekuatan dan suhu di zona pemotongan, memberikan insert dengan permukaan kontak yang jauh lebih tahan lama.

keamanan proses dan potensi menjalankan produksi tanpa ke ter lib at an op er ator di punc ak daftar mereka, diikuti oleh tingkat penyisihan logam yang lebih tinggi. Sebenarnya, tujuan akhirnya adalah menggabungkan ketiga ambisi itu. Pembubutan baja dalam klasifikasi bahan ISO P25 adalah tulang punggung operasional di bengkel bubut di seluruh dunia, sehingga menjadi bidang fokus yang bagus untuk tujuan penulisan ar tikel ini. Kategori P25 mencakup keseluruhan, dari unnaloyed hingga baja high alloy, mulai dari yang lunak dan lengket hingga yang keras dan aberasif, dan dari spesifikasi yang rendah hingga yang tinggi. Tentu saja, kemudahan pembubutan sangat berbeda dari satu jenis baja dengan jenis baja yang lain, terutama karena bahannya datang dalam varian benda kerja yang mencakup forging, casting, bar, tube, rolled, drawn, untreated, hardened, tempered, dan pre-machined.

Faktor Pertimbangan Untuk memaksimalkan output, insert yang dipilih untuk setiap jenis baja harus seimbang dalam beberapa faktor. Ini termasuk masa pakai alat yang tahan lama dan dapat diprediksi, sehingga penghentian untuk pergantian insert jadi lebih sedikit, serta keandalan yang tinggi untuk pengawasan terbatas atau tanpa operator, kualitas permukaan yang terjamin di seluruh masa pakai insert, dan area aplikasi yang luas. Yang terakhir ini memerlukan penggunaan insert yang dapat memberikan kinerja yang sangat baik dalam pembubutan yang terus menerus dan terputus, dan dari finishing hingga roughing, dalam berbagai macam baja. Nantinya, hal ini akan mengurangi biaya inventaris, pemeliharaan, dan penyimpanan perkakas. Kemampuan untuk membubut berbagai baja dengan beragam tingkat kekerasan juga sangat penting. Dengan pemikiran ini, kondisi edge-

Edge-line dari insert GC4325 lebih resilien, sehingga memberikan peningkatan prediktibilitas terhadap kemampuan insert. Keausan alat yang terkendali memberikan kombinasi keamanan proses yang tinggi bersama masa pakai alat yang lebih lama, dan potensi untuk kecepatan pemotongan lebih tinggi.

line sangat penting karena dapat m e m b a n t u m e n c a p a i ke a m a n a n proses dan keberulangan yang setinggi mungkin, mengurangi kebutuhan untuk pengawasan dan dengan demikian meningkatkan potensi untuk beroperasi tanpa operator. Singkatnya, edgeline harus memiliki kekerasan yang diperlukan untuk menahan segala deformasi plastik yang ditimbulkan oleh suhu ekstrem di zona pemotongan.

23


24

METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA â&#x20AC;˘ AUGUST - SEPTEMBER 2016

Pembubutan dalam bidang ISO P25 Pembubutan dalam bidang ISO P25.

Ragam lengkap kelas insert baru untuk pembubutan baja dan cast iron milling dengan teknologi Invenio termasuk GC4325, GC4315 dan GC3330.

Selain itu, meskipun mungkin terdengar jelas, coating insert harus melekat erat dengan substrat. Jika coating tidak dapat melekat, substrat yang terpapar akan memburuk dengan cepat. Insert yang terkelupas at au rus ak dapat meng akibatkan penghentian produksi dan komponen yang tidak dapat diterima. Sepanjang tahun, pemasok al a t p e m o t o n g t e r ke muk a t e l ah berupaya terus menerus untuk menawarkan properti coating insert yang menawarkan tingkat kelekatan, ke t an g g uh an d an ke au s an y an g s emak in k ua t , t er u t ama den g an mengoptimalkan proses mikrostruktur d a n p o s t- t r e a t m e n t . D i a n t a r a terobos an yang paling signif ikan dalam beberapa tahun terakhir adalah

Inveioâ&#x201E;˘, dari Sandvik Coromant, yang menggunakan ilmu material canggih untuk menyelaraskan arah kristal pada coating. Pada coating CVD konvensional, arah pertumbuhan kristal bersifat acak, tapi terobosan terbaru ini berhasil mengendalikan kristal sehingga setiap kristal itu berderet dalam arah yang sama, ke arah permukaan atas. Kristal yang terkendali itu memberikan garis tepi yang secara substansial lebih kuat yang t ahan suhu ting gi dan perubahan kondisi, lebih lama. Yang paling penting bagi produsen, proses pembubutan dan masa pakai alat menjadi dapat diprediksi, sementara manfaat tambahannya, teknologi ini memastikan penggunaan bahan karbida daur ulang dalam proporsi yang tinggi.

Teknologi yang Telah Terbukti Sudah banyak yang mengalami keuntungan dari teknologi kristal seper ti ini, termasuk Bajaj Motors dari Agra, India, mitra rantai pasokan untuk OEM otomot if ut ama yang meliputi Tata, Suzuki, Nissan dan Renault. Pelanggan Bajaj mensyaratkan kualitas yang sangat baik dengan biaya serendah mungkin dan pengiriman tepat waktu. Mengingat banyaknya jumlah komponen, maka mustahil untuk mengukur dan memeriksa satu per satu. Akibatnya, alat dan pemasok yang dipilih oleh perusahaan dievaluasi dengan cermat sebelum digunakan. Lantas, apa hubungan coating baru itu dengan cara yang lebih holistik dalam mengevaluasi produktivitas? Cukup banyak, dibandingkan dengan yang selama ini berjalan. Bajaj memiliki beban berat karena harus memproduksi jutaan komponen baja setiap tahun untuk pelanggan yang membutuhkan kualitas yang luar biasa dengan harga yang rendah. Pemanfaatan mesin yang tinggi sangat penting dan perusahaan harus percaya bahwa setiap komponen akan memenuhi tuntutan toleransi yang ketat. Mengeksploitasi manfaat insert berlapis dengan teknologi orientasi kristal itu, Bajaj Motors memandang hal itu dapat meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya per komponen secara substansial.


PRODUCTIVE CUTS 25

TRANSPARANSI MENINGKAT,

EFISIENSI BERTAMBAH

Walter AG

Memantau secara ketat semua peralatan yang digunakan dalam proses produksi; memeriksa umur pakai alat dan melakukan pergantian alat tepat pada waktunya hanya dengan sentuhan tombol. Gan Shu Lim, marketing manager Southeast Asia, Walter, memaparkan caranya kepada kita.

Data Tool ID ditetapkan melalui suatu pengenal (misalnya kode matriks data ukiran laser) yang terdapat pada alat.

J

ik a s eb e lumn y a han y a an g an ang an , k ini hal ter s ebu t tel ah t e r w u j u d b e r k a t To o l · I D d a r i W a l t e r. S o l u s i in i m e m b u a t p e m a n u f a k t ur p e r a l a t a n p r e s i s i s i a p menjadi pabrik pint ar – lingkungan produksi yang di dalamnya mesin produksi dan sis tem logis tik mampu melakukan

Editorial

pengaturan sendiri tanpa campur tangan manusia. A g ar p er u s aha an manu f ak t ur bi s a bekerja secara menguntungkan, wak tu pemrosesan dan waktu henti mesin harus diminimalk an . Sing k at ny a : Diper luk an suatu proses manufaktur yang transparan. Deng an Tool·ID, spe sialis al at pre sisi,

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris Got a Question? Make An Enquiry.

ENQUIRY NUMBER

4003 Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com


METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA â&#x20AC;˘ AUGUST - SEPTEMBER 2016

Walter, telah mengembangkan solusi tepat yang memastikan transparansi proses produksi secara menyeluruh. Solusi inovatif ini membuat peng g una bis a mentrans fer dat a alat dari perangkat prapengaturan ke mesin ser ta mengevaluasi parameter yang dijalankan di mesin. Data ditetapkan ke alat melalui suatu pengenal (misalnya kode matrik s dat a ukiran la ser) yang terdapat pada alat . Informasi tentang pemanufaktur atau pengguna dapat ditambahkan kemudian. Data ini dipanggil menggunakan pemindai dan ditransfer otomatis ke unit kendali mesin, sehingga tidak perlu lagi ada entri dat a manual yang lama dan rentan kesalahan. â&#x20AC;&#x153;Berk at Tool ID, peng g una dapat menghemat waktu.

Solusi Tool ID dari Walter AG menghemat waktu pengguna dan meningkatkan keandalan proses.

Peng guna juga merasakan manfaat karena keandalan proses meningkat, ser ta bisa mengetahui secara konkret bagaimana aplikasi peralatan dalam produksi,â&#x20AC;? ungkap Holger L anghans, direk tur Walter Multiply. Sistem ini sedang diuji oleh pelanggan di sektor otomotif. Komponen ini s ang at pent ing untuk komunikasi antara alat dan me sin. Al at ini jug a memberik an informasi produk si dalam bentuk yang bisa dibaca oleh mesin. Dengan informasi ini (misalnya umur pakai alat atau data prapengaturan), setiap langkah produksi dapat dikendalikan. Berkat gambaran menyeluruh ini, kita dapat mendeteksi potensi masalah sec ar a dini dan memperbaik iny a pada wak tunya. Dengan sis tem baru ini, Walter memandang

dirinya selangkah lebih dekat ke Industry 4.0. Semua Data Cukup Dengan Sentuhan Tombol Di pabrik cerdas, fasilitas produksi dan operasi terhubung sedemikian rupa sehingga semua proses dapat dikoordinasi secara terpusat dan dikendalikan secara otomatis. Walter kini sedang mengembangkan sistem selain Tool ID yang menjadikannya selangkah lebih maju lagi menuju pabrik cerdas dan Industr y 4.0. Solusi ini memungkinkan semua data di dalam lingkungan produksi dilihat dan diproses menurut grup peng guna. Sis tem terbuka dan mandiri ini didasarkan pada situasi terkini yang dihadapi masing-masing pelanggan. â&#x20AC;&#x153;Tujuan pengembangan

Walter AG

26


AUGUST - SEPTEMBER 2016 • METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

baru ini adalah mendigitalkan informasi yang berhubungan dengan proses produksi dan menyediakannya untuk keperluan analisis dan optimalisasi,” ungkap Mr Langhans. “Sistem dari Sistem” yang univer s al dan terintegra si penuh ini menghubungkan secara digital semua unit produksi yang terlibat dalam proses melalui suatu ser ver bersama. Ar tinya, pengguna dapat (misalnya) melihat semua perubahan dalam program pembubutan. “Nantinya, peng guna juga akan dap a t m el iha t , meng g abung k an , dan mengevaluasi data hanya dengan sentuhan tombol – juga meng gunakan aplikasi di smar tphone at au t ablet ,” ungkap Mr Langhans. Dengan demikian, peng guna akan mendapatkan gambaran proses secara lengkap dan real-time. Waktu henti dan waktu pemrosesan berkur ang , ker us ak an komponen dan peralatan diminimalkan, yang s emuany a ini berdamp ak posi t i f

Increase in page views compared to highest number of page viewership in Q3 2015

Komponen ini sangat penting untuk komunikasi antara alat dan mesin.

terhadap produk tivitas. Solusi ini di t u juk a n un t uk p e n g g un a y a n g mengoperasikan sepuluh mesin CNC atau lebih. Arah pengembangan sistem ini sekarang sedang dibahas bersama

Increase in page views since January 2016

para calon pengguna. Mr Langhans berharap, akan ada hasil awal yang ko n k r e t s e l a m a f a s e p e n g u ji a n . Pel ang g an percontohan per t ama akan segera mengimplementasikan solusi ini.

Increase of page per session since 2015

www.equipment-news.com

27


28 SHEET METALWORKING Untuk mengoptimalkan fabrikasi pelat, awali deng an meng ajukan per t anyaan mendasar ini: â&#x20AC;˘

Apa aplikasinya?

â&#x20AC;˘

Apa kebutuhan pemotongan untuk aplikasi tersebut (mis., kualitas tepi, tingkat produksi, jenis bahan dan ketebalan, dll.)?

â&#x20AC;˘

Batasan apa yang harus dinilai (anggaran, ruang bengkel, dll.)?

Dalam mengevaluasi kebutuhan pemotongan untuk aplikasi ini, per timbangkan kemampuan tradisional untuk setiap teknologi:

Mengoptimalkan Fabrikasi Pelat dengan Oxy-fuel & Pemotongan Plasma:

MEMBENTUK

POTONGAN

Ace Micromatic menangani masalah yang dihadapi industri manufaktur di India dan luar negeri dengan kolaborasi strategis dengan Mobil yang membantu menghasilkan solusi menguntungkan bagi pelanggan. Oleh Imtiaz Ahmed, Brand Manager di Asia Pacific Mobil SHC

Editorial

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris Got a Question? Make An Enquiry.

ENQUIRY NUMBER

4101

Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com

K

emajuan dalam teknologi pemotongan telah membuka pintu untuk lebih banyak pilihan dalam fabrikasi pelat berat bagi perakit dan pusat layanan baja di seluruh dunia. Dua teknologi utama yang dipertimbangkan untuk sis tem pemotongan bentuk CNC , pemotongan oxy-fuel dan plasma, dapat berperan sebagai teknologi pelengkap baik sebagai proses terpisah maupun sistem terpadu tunggal - untuk mengoptimalkan f ab r ik a s i p e l a t b e r a t dar i p e r s p e k t i f kemampuan, kualitas, dan biaya .

Kemampuan Proses: Pemotongan Oxy-Fuel Proses pemotongan oxy-fuel sederhana dan relatif tidak mahal. Investasi peralatannya minimal dan b ahan habis p ak ai y ang digunakan bersifat umum, gas bahan bakar murah seperti asetilena, propana, dan gas alam. Umumnya digunakan untuk memotong pelat baja ringan 76,2mm atau lebih, beberapa perakit memotong hing ga ukuran pelat 203,2mm dengan metode ini. Sebagai proses berbasis oksigen, teknologi ini membutuhkan karbon untuk memotong secara efek tif, membatasi penggunaannya untuk aplikasi baja ringan. Hanya baja karbon rendah dan beberapa alloy rendah yang memiliki oksida dengan titik lebur lebih rendah dari logam dasar, sehingga dapat dipotong dengan proses oxy-fuel. Jika disesuaikan dengan tepat, pemotongan oxy-fuel menghasilkan permukaan potongan yang kotak dan halus. Ada sedikit slag di tepi bawah, dan tepi atas sedikit membulat akibat pemanasan awal. Permukaan seper ti ini idealnya cocok untuk banyak aplikasi tanpa penanganan lebih lanjut. Secara mendasar, oxy-fuel merupakan proses pemotongan yang lambat . Akan tetapi, dalam banyak aplikasi, peningkatan produktivitas dalam pemotongan oxy-fuel dicapai dengan menggunakan beberapa torch pemotongan secara simult an. Umumnya, konfigurasi sistem mencakup 4-6 torch pemotongan, tapi aplikasi produksi yang ting gi seper ti pusat layanan baja mungkin meng gunakan hing ga delapan torch pemotongan. Ketika memotong baja ringan yang lebih tebal dan menerapkan beberapa torch pemotong an, ox y-fuel dapat dengan mudah memiliki keunggulan produk t i v i t a s dibanding k an tek nolog i lainnya seperti pemotongan plasma.


AUGUST - SEPTEMBER 2016 â&#x20AC;˘ METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

TEKNOLOGI SALING MELENGKAPI

Ketebalan Bahan

TEBAL

Diagram Teknologi Saling Melengkapi: Konfigurasi multitorch oxy-fuel bisa sangat produktif; plasma menawarkan pemotongan presisi pada berbagai jenis bahan dan ketebalan.

OXY-FUEL

Berbagai ketebalan, terutama fokus pada bahan tebal (2 inci atau lebih) Biaya operasi rendah dibanding plasma Penggunaan multi-torch meningkatkan produktivitas pemotongan Tidak efektif untuk baja tahan karat atau aluminium

PLASMA

Berbagai ukuran ketebalan (gauge hingga 3 inci) Memberikan gabungan kualitas potongan, produktivitas, dan biaya operasional Efektif untuk baja ringan, baja tahan karat, dan aluminium

TIPIS

RENDAH

Kemampuan Proses: Pemotongan Plasma Teknologi proses plasma menawarkan fleksibilitas yang lebih dibandingkan oxy-fuel. Ini dapat digunakan untuk memotong bahan yang bersifat mengantarkan listrik, termasuk karbon/ baja ringan, baja tahan karat, aluminium, tembaga, dan kuningan. Teknologi plasma juga dapat digunakan untuk gouge, mark (keduanya bukan proses untuk oxy-fuel), atau memotong logam dengan skala, karat, atau dicat/primed. Walaupun belum tentu mencapai tingkat kualitas potongan presisi dari waterjet atau laser (CO2 dan fiber), mengingat semua proses pemotongan panas, plasma menawarkan kualitas potongan terbaik di rentang bahan paling luas menggunakan berbagai rating arus, yang paling umum 30A hingga 450A dengan arus lebih tinggi digunakan untuk bahan tahan karat yang tebal dan memotong aluminium. Slag/dross, lapisan permukaan, sudut potong, tepi atas membulat, dan heat-affected zone (HAZ) adalah poin penting dalam menilai kualitas potongan gauging. Teknologi plasma telah mengalami kemajuan sampai pada titik menghasilkan potongan yang â&#x20AC;&#x153;dross-freeâ&#x20AC;?. Plasma juga memiliki zona terdampak pana s yang jauh lebih kecil dibandingkan ox y-fuel, sehingga mengurangi efek seperti pelat melengkung atau berubah warna. D i t a m b a h d e n g a n ke c e p a t a n

Volume Pemotongan dan Kebutuhan Fitur

potong yang ting gi, teknologi ini memberikan perpaduan yang optimal dari produktivitas, kualitas potongan, dan kapasitas. Kemampuan ini dikombinasikan dengan tingkat otomatisasi proses saat ini, menjadikan plasma sebagai teknologi presisi yang dapat diprediksi, menarik bagi banyak industri dan aplikasi. Meskipun penggunaan beberapa konfigurasi torch dalam pemotongan oxy-fuel memberikan produktivitas yang tinggi, kualitas potongan yang dihasilkan oleh plasma, dalam banyak aplika si, dapat menghilangkan proses sekunder seperti persiapan las yang mungkin diperlukan setelah pemotongan ox y-fuel . Dengan menghilangkan langkah sekunder dan mengurangi waktu proses keseluruhan, perakit dapat membenarkan operasi p emo t ong an y ang lebih l amb a t . Meskipun pemotongan plasma dengan b eb er ap a torch s ek alig us dap at dilakukan, tetapi faktor biaya tambahan

TINGGI

biasanya membatasinya tidak lebih dari dua torch. Perubahan Teknologi: Seni vs Sains Teknologi oxy-fuel dan plasma samasama mengalami perkembangan dalam dekade terakhir, tapi perkembangan plasma lebih cepat. Secara tradisional, bagian yang lebih tebal dari 25,4mm dip o t o n g d en g an ox y -f u e l . S a a t ini, pemotongan pla sma sang gup memotong bahan dengan tebal hingga 76,2mm. Dengan teknologi yang pada dasarnya lebih otomatis dibanding ox y-fuel, pemotongan plasma kini lebih otomat is lag i. Pening k at an dalam perangkat lunak nesting CNC dan CAD/CAM/ turut membantu kedua teknologi ini. Dibutuhkan pekerja yang terampil untuk menghasilkan potongan oxy-fuel yang baik secara konsisten. Seorang operator yang berpengalaman dapat membuat pemotongan berkualitas secara konsisten dengan membuat

Meskipun penggunaan beberapa konfigurasi torch dalam pemotongan oxy-fuel memberikan produktivitas yang tinggi, kualitas potongan yang dihasilkan oleh plasma, dalam banyak aplikasi, dapat menghilangkan proses sekunder seperti persiapan las yang mungkin diperlukan setelah pemotongan oxy-fuel.

29


30

METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA â&#x20AC;˘ AUGUST - SEPTEMBER 2016

Dalam banyak kasus, sistem multi-torch oxy-fuel dapat menghasilkan lebih banyak bagian dalam waktu lebih singkat dibandingkan satu torch plasma. Oxy-fuel dapat memotong pelat setebal 76,2mm atau lebih (membuka hingga 152-203mm).

penyesuaian proses yang diperlukan untuk aliran gas, kebuntuan, dan kecepatan. Pemotongan plasma lebih minim dalam hal seni dan lebih sebagai s ains y ang dikonf ig ur a si, kur ang bergantung pada keterampilan operator. Sistem pemotongan plasma menawarkan tingkat proses yang berbeda, program bagian ditetapkan sebelumnya dan f itur bawaan

Pemotongan Oxy-Fuel: Ketebalan bahan: 76,2mm atau lebih (membuka hingga 152-203mm) Jenis bahan: Baja ringan Kualitas tepi potongan: Permukaan potongan kotak, halus Piercing: Hingga 152mm Kecepatan memotong: Proses relatif lambat, hingga 558,8mm per menit pada bahan 25,4mm

dan parameter seper ti pierce cut, kecepat an memotong , keting gian memotong, kebuntuan, dan pengapian arc otomatis sangat memudahkan pengoperasian mesin. Kemudahan peng gunaan pada proses pla sma ditambah dengan kemajuan teknologi di sejumlah bidang seper ti wak tu siklus cut-to-cut dan penginderaan arc voltage untuk kualitas potong yang konsisten dan peningkatan umur komponen habis pakai membantu mendorong pertumbuhan yang agresif. Dapat dikatakan bahwa teknologi pemotongan pla sma memberikan kuali t a s potong y ang mendek at i kualitas laser dan waterjet tanpa biaya dan intensitas pemeliharaan seperti pada kedua sistem tersebut. Teknologi ox y-fuel mengalami kemajuan dalam kemampuan torch. Sistem pemotongan oxy-fuel modern dilengkapi dengan fitur-fitur seperti torch peng apian internal deng an penginderaan api, dan elek tronik terintegrasi pada torch untuk proses m e m o t o n g y a n g l e b i h â&#x20AC;&#x153;c e r d a s â&#x20AC;?. Elek tronik ini memungkinkan untuk dan mengontrol fitur seperti penginderaan tinggi terintegrasi, yang tidak memerlukan sensor ketinggian terpisah untuk menjaga jarak yang benar ant ara noz zle dan blank

pemotongan; pengapian terpadu yang menghilangkan kebutuhan untuk dan pemeliharaan perangkat pengapian ek s ternal , dan perubahan noz zle cepat, teknologi yang dapat dengan cepat mengubah nozzle tanpa alat, sehingga meminimalkan setup. Jik a dis anding k an , dal am hal adopsi pasar, teknologi plasma lebih banyak digunakan pada skala global. Permint aan terhadap teknologi pemotongan ini terus berkembang, terut ama di pa s ar berkembang seperti Tiongkok, Amerika Selatan, Asia Tenggara, dan India. Di kawasan tersebut , secara historis ox y-fuel menjadi pilihan metode pemotongan panas karena prosesnya yang s eder hana , ber tek nolo g i rendah yang membutuhkan investasi kecil. Banyak bengkel kerja di sana bermigrasi ke pemotongan plasma k arena ke s empat an pening k at an produktivitas, kualitas potong yang lebih baik, kemudahan penggunaan dan meningkatkan kepercayaan diri dalam hasil pemotongan yang terprediksi dari teknologi ini. Tren ini mungkin karena infrastruktur untuk mendukung teknologi ini telah berkembang dengan lebih banyak akses ke bahan habis pakai, gas, serta dalam hal sumber daya dukungan dan layanan.


AUGUST - SEPTEMBER 2016 â&#x20AC;˘ METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

Didorong oleh perubahan lanskap operator mesin, tingkat perpindahan operator yang tinggi menghasilkan pengalaman dasar yang berkurang dalam CNC, dan evolusi produktivitas secara alami, baik proses oxy-fuel maupun plasma menjadi lebih ter g an t ung p ada pro dus en a t au integrator sistem untuk membuat mesin perkakas yang mudah digunakan dan minim intervensi operator. Upaya oleh produsen mesin untuk mengintegrasikan komponen akan terus memungkinkan kemajuan teknologi. Ini juga mendorong integrasi yang lebih baik dalam sistem multi-proses. Memanfaatkan Kemampuan dalam Kombinasi Memanfaatkan kemampuan setiap teknologi adalah hal yang memungkinkan dalam sistem pemotongan yang multiproses. Meng gabungkan teknologi menawarkan kemampuan untuk memilih kekuatan masing-masing dan menutupi kelemahan yang lain. Perakit & pusat layanan baja yang membutuhkan kemampuan untuk memotong berbag ai bahan lebih menyukai mesin yang dilengkapi dengan dua atau lebih proses pemotongan. Jika sebuah bengkel tidak memiliki kapasitas kerja atau ruang kerja untuk

menampung masing-masing sistem oxyfuel dan plasma tetapi membutuhkan fleksibilitas dari kedua teknologi itu, mesin kombinasi adalah alternatifnya. Teknologi gabungan ini memberikan:

Pemotongan Plasma: Ketebalan bahan: Paling sesuai untuk pelat 6,35mm

Produktivitas tinggi dengan biaya rendah: Sebuah sistem pemotongan multiproses memberikan yang terbaik dari dua kutub ini kepada perakit, bahkan sampai ke titik yang kedua teknologi itu dapat diterapkan untuk bagian tunggal. Sebuah keuntungan dari pemotongan mult i-proses adalah kemampuan untuk meng gunakan proses yang lebih lambat tapi lebih akurat untuk beberapa kontur, dan kemudian beralih ke proses yang lebih cepat dan lebih murah untuk kontur lainnya. Hasilnya adalah tercapainya akurasi bagian yang diperlukan dengan biaya yang jauh lebih rendah daripada jika menggunakan proses akurasi tinggi untuk memotong seluruh bagian. Pada dasarnya, kombinasi sistem plasma/oxy-fuel menjanjikan produktivitas tertinggi menggunakan alat terbaik untuk pekerjaan. Dengan ini perakit juga mendapat keleluasaan untuk bekerja di luar kebia s aan g una mengoptimalkan hasil pemotongan dengan fleksibilitas

hingga 76,2mm, kisaran bahan Jenis bahan: Baja ringan, baja tahan karat, aluminium Kualitas tepi potongan: Kualitas potongan lebih baik dibandingkan teknologi oxy-fuel Piercing: Hingga 50,8mm Kecepatan memotong: Kecepatan memotong lebih tinggi dari oxy-fuel; kecepatan memotong lebih baik dari proses pemotongan panas lainnya dalam bahan baja ringan berkisar antara 6,35mm hingga 63,5mm

untuk mengoptimalkan setiap bagian sesuai kebutuhan: pengguna dapat mengoptimalkan kualitas potongan, biaya operasi atau produk tivitas, tergantung pada apa yang paling penting untuk operasi mereka. Kapasitas lebih dengan sumber daya sedikit: Lima tahun lalu, kondisi ekonomi m e m a k s a b a n y a k p e r a k i t un t uk mengurangi pergeseran produk si. Ketika bisnis membaik , perakit memilih untuk berinvestasi dalam teknologi seperti sistem pemotongan multi-proses yang memberikan fleksibilitas dan kapasitas tambahan tanpa meningkatkan tenaga kerja. Kemajuan dalam teknologi dan otomatisasi untuk pemotongan plasma dan oxy-fuel telah mengurangi beban operator. Dalam sistem multi-proses, ini berarti seorang operator mampu menjalankan kedua proses.

Dibandingkan oxy-fuel, pemotongan plasma menghasilkan zona terdampak panas yang lebih sempit, sehingga mengurangi dampak seperti pelat melengkung dan berubah warna.

Hemat tempat: Sis tem pemotongan multi-proses juga lebih baik dalam penggunaan ruang bengkel kerja, yang menjadi perhatian khusus bagi perakit di pasar negara berkembang k ar ena mahal ny a r uang b eng kel kerja. Teknologi gabungan ini juga

31


32

METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA â&#x20AC;˘ AUGUST - SEPTEMBER 2016

Menggunakan plasma dan oxy-fuel di meja yang sama memungkinkan perakit untuk mengambil keuntungan dari kelebihan masing-masing proses.

Tergantung aplikasinya, oxy-fuel dan plasma dapat dijadikan proses pemotongan pelat yang saling melengkapi.

menawark an peng hemat an biay a dari sudut pandang sederhana, yaitu satu meja pemotongan lebih hemat daripada dua. Kelebihan dan kekurangan: Setiap sistem multi-proses memiliki kekurangan. Meski sistem pemotongan multi-proses itu fleksibel, tapi secara umum tidaklah prak tis untuk memotong terus

menerus dengan kedua teknologi tersebut. Harus memilih salah satu. Dalam teknologi gabungan, ada seperangkat persyaratan baru yang harus diperhitungkan, yaitu ukuran meja, akurasi mesin, dan presisi untuk kedua proses. Sistem pemotongan plasma yang digunakan untuk memotong bahan lebih tipis pada kecepatan ting gi dengan kualitas potongan tinggi tidak tergantung pada meja besar atau kuat untuk menahan pelat baja ringan ukuran 101,6mm, tetapi membutuhkan ger ak me sin pre sisi (percepat an dan perlambatan) untuk mencapai lebar goresan yang sempit (lebar bahan yang dihilangkan oleh proses s a a t m e m o t o n g p e l a t ) s e hin g g a menghasilkan pemotongan yang baik. Karena peralatan pemotongan oxy-fuel menangani bahan pelat tebal, sistem ini memerlukan meja yang lebih besar dan lebih kuat. Kerf yang lebih besar dan kecepatan potong lebih lambat pada proses ini menjadikan alat ini kurang sensitif terhadap aspek gerak dan percepatan mesin, sehingga komponen tidak perlu presisi tinggi (ball screw dan rack dan pinion dibandingkan linear drive). Dalam meng gabungkan dua teknologi ini, diperlukan meja yang lebih b e s ar den g an kemamp uan presisi yang lebih tinggi.

Inte g r ator sis tem memaink an peran penting dalam memberikan solusi total untuk pemotongan. Ketika memper timbangkan sistem multiproses, carilah produsen yang akrab dengan kedua teknologi tersebut dan dengan kompleksitas yang merupakan bagian dari mengintegrasikan beberapa teknologi untuk satu solusi pemotongan. Produsen yang terintegrasi secara ver tikal â&#x20AC;&#x201C; yang merancang beberapa komponen untuk bekerja bersamaan dan kemudian meng in te g r a sik an komp onen i t u untuk membentuk alat pemotong yang lengkap â&#x20AC;&#x201C; memiliki kendali paling besar terhadap hasil proses. Solusi Khusus yang Fleksibel Mendapat k an f lek sibili t a s untuk menyesuaikan kebutuhan fabrikasi setiap pelat menggunakan pemotongan mekanis oxy-fuel dan plasma - baik yang beroperasi secara paralel sebagai sistem yang berdiri sendiri maupun sistem gabungan multi-proses - dapat mengoptimalkan operasi pemotongan. Dengan semakin majunya teknologi ini, perakit dapat membuat bagian secara lebih cerdas, lebih cepat , dengan kualitas tertinggi dan hemat biaya. Pilihan untuk menggunakan teknologi ini secara paralel atau gabungan ter g an t ung p ada ma sing-ma sing kebutuhan aplikasi.


SHEET METALWORKING 33

Produk asli

Produk tiruana

DI BALIK KOMPONEN HABIS PAKAI TIRUAN

J

ika ditanya apa tantangan bisnis terbes ar yang dihadapi, set iap produsen peralatan asli (OEM) pasti akan memberikan jawaban serupa seperti masalah kendali mutu, tingkat efisiensi, anggaran, dan manajemen inventori. Namun dengan adanya teknologi dan globalisasi, OEM modern kini dihadapkan pada masalah baru â&#x20AC;&#x201C; merebaknya produk tiruan. Pemalsuan telah berkembang bertahuntahun, dari yang tadinya hanya berupa operasi lokal menjadi bisnis global yang sangat menguntungkan dengan fasilitas produksi massal, penjualan lingkup internasional, serta jaringan distribusi global yang kompleks. Menurut International Chamber of Commerce (ICC), nilai barang tiruan global mencapai lebih dari US$1,7 triliun pada 2015. Dahulu, pemalsuan masih berkisar di bidang barang konsumen. Namun belakangan, targetnya sudah menjangkau produk-produk yang sangat rumit, bahkan membuat perusahaan B2B dihadapkan pada risiko pembajakan produk. Salah satu di antaranya adalah komponen habis pakai pada sistem plasma cutting seperti nozel, elektrode, dan ring putar.

Pemalsuan Komponen Habis Pakai pada Sistem Plasma Cutting Plasma cutting memanfaatkan gas penghantar arus listrik seperti nitrogen dan oksigen untuk memotong bahan konduktif. Secara umum, sistem plasma cutting terdiri dari catu daya, rangkaian pemicu busur plasma, dan obor. Obor ini bertindak sebagai penahan nozel dan

elektrode, serta mengalirkan pendingin (cair atau gas) ke komponen habis pakai, sementara nozel dan elektrode mengencangkan dan menjaga busur plasma. Saat ini, sistem plasma cutting presisi ting gi mampu menghasilkan komponen berkualitas lebih baik dalam kecepatan yang lebih tinggi, dengan sedikit (atau tanpa) proses pascaproduksi. Namun, sistem plasma hanya bagus jika komponen habis pakai di dalam obornya juga bagus. Bahkan dengan kemajuan terkini di bidang teknologi dan desain obor, sistem plasma berkinerja tinggi sekalipun bisa menjadi produk biasa karena komponen habis pakai yang digunakannya berkualitas rendah.  Lantas apa itu produk tiruan? Produk tiruan adalah produk yang meniru persis sesuatu yang berharga atau penting, dengan maksud menipu atau mengelabui pelanggan agar mengira produk tersebut asli. Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan pengguna akhir tidak sadar bahwa mereka membeli komponen habis pakai tiruan. Seringnya, faktor harga yang lebih murahlah yang menarik mereka, karena komponen habis pakai tiruan setidak-tidaknya lebih murah 30 persen dibanding yang asli. Karena produk tiruan biasanya sangat mirip dengan produk asli dari segi tampilan, kadang pengguna akhir tidak sadar bahwa produk yang mereka beli palsu, dan justru merasa telah mendapatkan transaksi bagus.

Beralih ke yang Asli Tidak seperti OEM, hampir semua pelanggan tidak menyadari bahaya dan konsekuensi

Lester Lee, manajer pemasaran regional, Hypertherm Asia Pacific, Mary Allen, manajer perlindungan kekayaan intelektual, Hypertherm Inc, Sanjay Kumar, manajer penjualan komponen habis pakai, Hypertherm India, memaparkan pandangan mereka mengenai produk tiruan dan apa yang harus diketahui produsen sewaktu membeli komponen obor plasma. Editorial

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris Got a Question? Make An Enquiry.

ENQUIRY NUMBER

4102

Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com


34

METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA • AUGUST - SEPTEMBER 2016

Dampak Produk Tiruan Pengguna akhir •

Untuk menjamin keoptimalan kinerja, Anda harus memilih obor plasma dan komponen habis pakai asli untuk sistem plasma cutting asli.

Produk tiruan

1327

HT Cu+

Kinerja buruk (umur pakai, kualitas, dan kecepatan)

Rentan terhadap penghentian operasi

Tanggung jawab dan keselamatan

Harga lebih tinggi dibanding produk after-market

Biaya lebih tinggi dibanding produk asli

Mitra Bisnis •

Lepasnya penjualan

Kredibilitas buruk di mata pengguna akhir

Risiko hukum

Lepasnya keuntungan

Penurunan nilai brand

OEM •

Penurunan nilai brand

Melemahnya Delivery Versus Payment (DVP) terhadap mitra penyalur

Lepasnya keuntungan, pendapatan, dan pangsa pasar

Hilangnya kepercayaan pengguna akhir

penggunaan komponen habis pakai tiruan. Mereka juga sulit mengenali mana produk yang tiruan. Kelirunya, buruknya kinerja peralatan yang diakibatkan langsung oleh komponen habis pakai tiruan justru dihubungkan dengan merek produk itu sendiri. Ini menciptakan kesan keliru bahwa peralatan asli itu sendiri tidak dapat diandalkan, sehingga berdampak negatif terhadap brand, kredibilitas, dan reputasi perusahaan pembuatnya. Berikut kita soroti lima sebab penggunaan komponen habis pakai

353

262

76 Jumlah Meter Potongan tiruan lebih banyak kontraproduktifnya ketimbang manfaatnya. 1. Kualitas Komponen habis pakai tiruan dibuat hanya atas dasar keuntungan. Tak jarang, produk ini dibuat dengan teknik yang hanya menitikberatkan aspek produksi massal yang cepat alih-alih memperhatikan kualitas. Pema s ok bar ang t ir uan t idak menerapkan proses produksi yang ketat seperti dijumpai pada produk asli, dan mereka hanya menjiplak komponen yang dig unakan di peralatan produksi paling populer tanpa disertai kendali mutu dan pemeriksaan yang benar. Mereka juga cenderung menggunakan bahan yang sangat murah yang rentan aus dan koyak. Akibatnya, produk jiplakan terlihat sama namun kualitas dan keawetannya sama sekali tidak setara dengan yang asli, sehingga kemampuan pemotongan pun buruk. Hampir selalu, kinerja komponen habis pakai tiruan tidak konsisten dan tidak dapat diandalkan, sehingga meningkatkan waktu henti operasi secara signifikan. 2. Kinerja Obor plasma adalah perangkat presisi, sehingga komponen habis p ak ainy a p un dibua t den g an toleransi yang luar biasa ketat, dengan ukuran yang tidak boleh meleset sedikit pun. Penyimpangan sekecil apa pun dari ukuran asli akan berdampak pada kinerja pemotongan sis tem plasma. Meskipun masih dapat digunakan untuk memotong logam, komponen

Jumlah Meter Tembusan habis pakai tiruan memiliki perbedaan yang sangat jelas dalam hal inkonsistensi kualitas potongan, kecepatan potong, dan umur pakai dibandingkan dengan yang asli. Pembuatan komponen habis pakai yang tidak benar dapat merusak obor internal. OEM menggunakan teknologi khusus atau berhak paten dalam perancangan komponen habis pakainya. Misalnya, elek trode “CopperPlus” dari Hypertherm yang umur pakainya dua kali lipat dibanding elektrode standar, dan teknologi nozel “CoolFlow” yang menyempurnakan pendinginan sehingga ukuran dan bentuk lubang nozel terjaga, yang akhirnya memperpanjang umur pakai. Komponen habis pakai tiruan tidak menawarkan kinerja dan fitur seperti yang ditawarkan teknologi-teknologi khusus ini, yang artinya pelanggan tidak dapat merasakan manfaat dari teknologi tersebut, dan tidak dapat mengeluarkan potensi penuh yang dimiliki sistem plasma. Oleh karena itu, penggunaan komponen habis pakai tiruan sangat berpengaruh terhadap kinerja pemotongan sistem secara keseluruhan. Sebuah uji pemotongan dilakukan oleh pengguna akhir Hypertherm, y ang membanding k an k iner ja pemotongan elektrode CopperPlus™ dar i H y per t her m dan produk tiruannya. Uji ini dilakukan secara serentak di 2 meja potong dalam kondisi yang sama, dengan objek uji berupa pelat baja ringan dengan ketebalan bervariasi (8 mm, 10 mm, dan 12 mm). Hasilnya, ditemukan bahwa kinerja komponen habis pakai


AUGUST - SEPTEMBER 2016 • METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

Foto asli yang diambil di sebuah fasilitas pembuatan komponen habis pakai tiruan yang ditutup pada tahun 2014. Pabrik ini sangat berantakan dan terlihat tidak terawat. Tidak tampak ada peralatan penguji kualitas dan keselamatan.

waktu pembelian menjadi tidak signifikan jika dibandingkan biayabiaya lain dalam jangka panjang.

Foto asli fasilitas produksi yang dimiliki OEM (Hypertherm). Pabrik ini sangat rapi dan memiliki area-area kerja yang terbagi dengan baik, serta peralatan yang terawat dengan baik.

asli 5 kali lipat lebih unggul dari segi panjang pemotongan dan jumlah tembusan. 3. Keselamatan Selama pemotongan, diperlukan energi yang besar sekali untuk m en g ha s il k an bu s ur p l a s ma , dan temperatur kerjanya bisa mencapai 25.000 derajat Celsius. Untuk mengurangi biaya, pemalsu menggunakan logam berkualitas rendah. Tidak seperti produk asli, produk tiruan tidak tahan terhadap suhu tinggi selama berlangsungnya plasma cutting, sehingga obor bisa mengalami overheating. Selain aspek pilihan bahan, komponen habis pakai yang tidak sesuai toleransi juga mudah mengalami overheating. Akibatnya, obor atau sistem plasma dapat mengalami gangguan atau bahkan rusak total, yang akhirnya meningkatkan periode henti operasi. 4. Dukungan purnajual Hampir semua OEM menyediakan layanan purnajual teknis at a s p r o d u k- p r o d u k y a n g m e r e k a jual. Jika terjadi kerusakan pada obor atau sistem plasma akibat komponen yang tidak dikenal, pemecahan masalah tidak bisa dilakukan. Sebagian produsen tidak memberikan garansi obor jika kerusakannya diakibatkan oleh komponen habis pakai tiruan. Bahkan, sebagian OEM membat alkan g aransi seluruh

sistem jika komponen yang dipakai k o n s u m e n p a l s u . Ta k p e l a k , perusahaan yang membeli produk tiruan justru akan kerepotan jika situasi-situasi tersebut terjadi. 5. Biaya keseluruhan Komponen habis pakai tiruan mungkin memang lebih murah, tetapi rentang umurnya juga lebih pendek dibanding produk asli. Akibatnya, produk tiruan harus sering-sering diganti. Proses pascapemotongan tambahan seperti pengerjaan ulang tepi juga harus dilakukan karena buruk dan tidak konsistennya kualitas potong akibat produk murahan. Penggunaan komponen habis pakai tiruan juga dapat menimbulkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki, sehingga merusak peralatan yang harganya tidak murah, dan akhirnya menyebabkan penghentian produksi dan kerugian bisnis. Biaya sebenarnya pemotongan logam itu terdiri dari banyak faktor mencakup: kuantitas komponen habis pakai yang digunakan dalam k ur un w ak t u t er t en t u; w ak t u dan tenag a yang dialoka sikan untuk mengganti komponen habis pakai dan untuk memperbaiki potongan yang tidak baik atau tidak konsisten; biaya atas terhentinya produksi (sewaktu penggantian), penurunan produk tivit a s , dan kerugian bisnis akibat penggunaan produk tiruan. Menimbang biayabiaya ini, penghematan awal pada

Menjamin Kinerja Optimal Meskipun sekilas terlihat menawarkan penghemat an biaya, komponen habis pakai tiruan justru membebani bisnis dan lebih banyak menimbulkan masalah ketimbang memberikan nilai guna. Penggunaan obor plasma dan komponen habis pakai asli untuk sistem plasma cutting asli Anda adalah satu-satunya jalan untuk menjamin keoptimalan kinerja. Produk asli tidak saja lebih awet dan lebih baik, tetapi juga dibuat dengan standar kualitas tertinggi dan menawarkan hasil terbaik dengan teknologi peningkatan kinerja terkini. Pembelian sis tem plasma cutting itu sendiri sudah merupakan investasi besar. Lalu mengapa harus merusak itu dengan produk yang manfaatnya sangat kecil? Satu-satunya cara untuk melindungi investasi Anda adalah menggunakan komponen habis pakai asli.

Kiat Pengadaan Berikut tanda-tanda yang dapat dijadikan patokan oleh pengguna akhir agar tidak terjebak membeli komponen habis pakai tiruan: •

Kinerja yang buruk atau tidak konsisten dibanding produk asli (misalnya umur pakainya hanya 50 persen dari yang seharusnya)

Harga komponen habis pakai atau perangkat lunak “asli” sangat murah

Komponen habis pakai “asli” dari distributor tidak resmi, agen yang tidak dikenal, atau di internet

Perbedaan dari segi tampilan fisik label, kemasan, atau produk dibanding komponen habis pakai asli

Pengguna akhir yang merasa telah membeli produk tiruan harus segera menghubungi OEM agar dilakukan pemeriksaan keaslian produk dan agar mendapatkan bantuan yang tepat.

35


36 TECH ZONE

MENCAPAI KEUNGGULAN DIGITAL

Dalam waktu sekitar satu dekade mendatang, lantai mesin akan menjadi saksi munculnya konektivitas tingkat baru dengan begitu banyak data yang lalulalang melalui jaringan dan sesuai kebutuhan, yang semuanya cukup dengan sentuhan tangan. Artikel kontributor Schaeffler Technologies AG.

D

Editorial

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris Got a Question? Make An Enquiry.

ENQUIRY NUMBER

4201

Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com

alam dekade dan t ahun-t ahun belakangan ini, â&#x20AC;&#x153;mekatronisasiâ&#x20AC;? subsistem dan bantalan gulung ditujukan untuk mencapai level integrasi fungsi yang ting gi, kerapatan daya yang ting gi, ser t a penyusut an dan penurunan jumlah komponen dan antarmuka. Dengan datangnya Industr y 4.0, lingkup tersebut semakin luas lagi: Kini yang menjadi titik fokus baru adalah produk komunikatif dan digit alisa si komponen yang menawarkan fungsifungsi tambahan baru. Salah satu fungsi dimaksud adalah melihat produksi secara real-time. Kinerja dan kualitas mesin produksi pada dasarnya dan tidak dapat dipungkiri ditentukan oleh penopang bantalan. Data terkait kondisi saat ini termasuk perilaku s ub s i s t e m m e n d a t a n g y a n g di t o p a n g

oleh bantalan (seper ti spindel, sis tem pemandu, sumbu rotari dan sumbu putar) merupakan dasar dari visi transparansi real-time. Sebagai pemasok dan mitra pengembang komponen peng gerak teknis, Schaef f ler mengupayakan strategi digitalisasi di seluruh kelompok produk dengan tujuan menyediakan dat a b er ag am pro s e s mel alui s en s or, jaringan, dan analisis sehingga pelanggan dapat merasakan nilai tambah yang ny a t a . A k t i v i t a s S c hae f f ler di bidang digitalisasi mesin perkakas menciptakan potensi untuk meng ubah peluang dan menjawab tantangan melalui kerja s ama erat ant ara produsen, pema sok , dan pengguna. Schaef fler dan Deckel Maho Pfronten telah mengembangkan konsep â&#x20AC;&#x153;Machine


AUGUST - SEPTEMBER 2016 • METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

Berdasarkan proyek investasi spesifik, Schaeffler dan Deckel Maho Pfronten sedang mengembangkan “Machine tool 4.0” yang menghubungkan teknologi lama (dari sensor hingga cloud) ke komponen digital baru dan menciptakan langkah konkret menuju produksi digital.

tool s 4.0” berdasarkan proyek investasi bersama mitra-mitra lain, y a n g m e n g h ub un g k a n t e k n o lo g i lama (dari sensor hingga cloud) ke komponen digital baru dan menjadi langkah konkret menuju produk si digital. Dua prototipe telah dibuat berdasarkan DMC 80 FD duoBLOCK machining centre generasi keempat. Satu akan dimasukkan ke dalam produk si volume di sel bant alan presisi, yakni di pabrik Schaef f ler yang ada di Höchs tadt . Prototipe ke dua tel ah dip amer k an di s t an DMG Mor i p ada ac ar a E MO 2015 . Inil ah upay a pener apan s t r ate g i digitalisasi spesif ik dengan tujuan menyediakan data beragam pros e s mel alui s ens or, jar ing an , dan analisis. Sebagai pengguna mesin perkaka s , inisiatif Indus tr y 4.0 memiliki relevansi langsung dengan produk si di Schaef f ler. Ak t ivit a s perusahaan ini di bidang digitalisasi mesin perkakas menciptakan potensi untuk mengubah peluang dan menjawab tantangan melalui

Kadang, pengintegrasian sensor ke dalam komponen secara langsung merupakan pilihan yang menguntungkan (atau bahkan satu-satunya pilihan yang masuk akal), karena di titik inilah parameter bisa ditentukan. kerja sama erat antara produsen, pemasok, dan pengguna. Penopang Bantalan Sebagai Sumber Data Penopang bantalan merupakan komponen penentu kinerja mesin perkakas karena selain menentukan kapasitas fungsi mesin, komponen ini juga menentukan kualitas komponen kerja. Data yang dapat dikaitkan dengan kondisi saat ini serta perilaku komponen mendatang menjadi sumber informasi penting bagi operator mesin. S e n s o r- s e n s o r y an g a da dapat dig unak an, at au bis a jug a dilakukan peremajaan peralat an. K adang , p eng in t e g r a sian s en s or

ke dalam komponen secara langsung merupakan pilihan yang menguntungkan (atau satu-satunya pilihan yang logis), karena di titik inilah parameter bisa ditentukan. P r o t o t ip e p r o y e k in o v a t i f ini mengintegrasikan sensor tambahan ke hampir semua posisi bantalan yang ada hubungannya dengan proses pembubutan untuk mengukur getaran, gaya, suhu, dan tekanan ser ta untuk memperoleh informasi terbaik mengenai kondisi mesin. Untuk membuat mesin yang siap dig unak an anal isis , ar t iny a kita harus dapat menilai data yang telah tercatat, menyimpannya, dan menarik kesimpulan dari itu. Agar s emua da t a bis a diak s e s , me sin

37


38

METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA â&#x20AC;˘ AUGUST - SEPTEMBER 2016

Kemungkinan yang ditawarkan oleh digitalisasi tidak hanya terbatas untuk mesin-mesin produksi. Lingkungan produksi juga merasakan manfaat dari aliran data yang tak terputus di sepanjang rantai nilai.

dilengkapi dengan jaringan internal yang menghubungkan semua sensor, aktuator, dan unit evaluasi. Gateway digunakan sebagai penghubung k e c l o u d . A g a r d a t a b i s a s a l in g ditukar dengan sis tem kontrol mesin, Prof ibus diintegra sikan ke dalam Programmable Logic Controller (PLC) untuk data wak tu dan pro s e s , s emen t ar a pro tokol O p e n P l a t f o r m C o m m un i c a t i o n s U n i f i e d A r c h i t e c t u r e (O P C U A ) dig unak an untuk informa si lebih

lanjut dari ant armuka mesin dan manusia (HMI). Data dari mesin disimpan secara lokal di gateway dan disalin ke cloud. Dengan demikian, riwayat dat a mesin selalu tersedia tanpa harus terhubung ke jaringan. Perhitungan dapat dilakukan di cloud melalui layanan web atau aplikasi. Menganalisis Data Analisis data ber volume besar sangat berbeda dibandingkan

analisis data yang sudah ada selama ini, yakni memiliki rasio output 1:1. Ini ar tinya, selain nilai yang diukur s e b e n a r n y a , ju g a t e r d a p a t p o l a dalam begitu banyaknya nilai/data t er uk ur y an g bi s a diko r e l a s ik an dengan data lain. Kondisi ini menaw ark an level kualit a s baru dari segi apa yang dapat diungkapkan oleh data, misalnya kondisi bant alan dan kondisi mesin (nilai t ambah dari data). Pola ini dapat dikenali secara


AUGUST - SEPTEMBER 2016 â&#x20AC;˘ METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

beban selama pembubutan dapat di ten tuk an mel alui model matematis , dan tindakan korek si dapat diinformasikan balik ke sistem kont rol sec ar a real-t ime. Gay a pembubutan aktual dapat ditentukan di awal melalui simulasi pembubutan. Hasilnya adalah nilai nominal yang tidak boleh menyimpang dari kisaran yang sudah ditentukan, karena jika menyimpang berarti kondisinya tidak dapat diterima.

Representasi arsitektur sistem pada suatu mesin perkakas digital.

Oleh karena itu Schaeffler merancang jaringan horizontal di sepanjang rantai nilai tambah, sama dengan integrasi sensor ke dalam cloud secara vertikal. otomatis oleh algoritme yang tepat , untuk kemudian dilakukan tindak lanjut sesuai keperluan. Unit fungsional yang sifatnya tersebar diperlukan agar dapat berjalan baik s e c ar a o t o n o m maup un s eb ag ai bagian tak terpisahkan dari jaringan. Ini memungkinkan sistem kecerdasan lokal dapat mengakses data secara lokal. Evaluasi lain yang memerlukan daya komputasi lebih t ing g i dap a t diambil dar i cloud . Evaluasi analitis berdasarkan data dari semua mesin yang terhubung akan dilakukan di cloud dan bukan secara lokal di mesin. Oleh karena itulah, Schaef f ler merancang jaringan horizont al di sepanjang rant ai nilai t ambah (s ama deng an integra si sensor ke dal am c loud s e c ar a ver t ik al) untuk mengetahui bagaimana komplek sitas dan persyaratan ter k ai t produk dan l ay anan bis a diakomodasi dalam produksi. Integrasi ke dalam Produksi Kemungkinan yang ditawarkan oleh digitalisasi tidak hanya terbatas untuk mesin-mesin produksi. Lingkungan

p r o duk s i ju g a dap a t m e r a s ak an manfaat dari aliran data yang tak terputus. Dengan demikian, tidak ada solusi terisolasi yang memerlukan intervensi manual. Integrasi vertikal juga perlu untuk menyambung ke sistem Enterprise Resource Planning (ERP) sehingga proses pemesanan berlangsung otomatis. Produksi Elemen penting dalam â&#x20AC;&#x153;big dat aâ&#x20AC;? adalah kejelasan identif ikasi terhadap setiap komponen. Karena itulah, unit penanda diintegrasikan a g a r s e t i a p ko m p o n e n m e m i l ik i ko d e unik m e l alui ko d e ma t r ik s data. Kode ini akan terus melekat pada komponen di sepanjang proses produk si, dan merupakan bagian dari ID unit . Dengan demikian, riwayat komponen dapat dianalisis dan dilacak. Proses Dengan menentukan gaya pada Tool Center Point (TCP), kita dapat mengoptimalkan pemuatan mesin ser ta proses itu sendiri: Pergeseran di TCP akibat

Energi Selain mengukur pemakaian energi ak tual dan menetapkannya ke setiap t ahap pembubut an, kit a juga bisa menentukan kebutuhan energi mendatang melalui simulasi proses. Jika dipadukan dengan data yang ada, kita dapat memprediksi kebutuhan energi secara lebih ak ur a t , s ehing g a b el anja ener g i dan rencana produksi lebih sesuai kebutuhan karena pemakaian energi di seluruh lini bisnis diminimalkan. Kondisi mesin Kondisi mesin dicatat menggunakan proses pemantauan getaran biasa. Kondisi pelumas juga diukur dan diev alua si di berbag ai t it ik . Pelumasan sesuai kebutuhan menjamin kapa sit a s fungsional serta kecermatan pemakaian sumber daya, tanpa memengaruhi kinerja mesin. Kita juga dapat memprediksi pengembang an kondisi bant al an lebih lanjut. Perawatan Seluruh beban mesin dapat terbaca jela s deng an meng kla sif ik a sik an proses pembubutan. Misalnya, s i s a n o m in a l u m u r p a k a i p o s i s i b a n t al an d a p a t dihi t un g s e c a r a online meng gunakan program p e n g hi t un g b an t al an S c hae f f le r bernama Bearinx melalui s e b u ah l a y an an w e b . Tu ju ann y a adalah memanfaatkan simula si tugas pembubutan terencana dan simula si umur kerja setiap komponen yang dapat diramalkan, sehingga produksi dapat dikontrol sedemikian rupa ag ar perawat an penting sudah direncanakan matang secara dini untuk memaksimalkan ketersediaan mesin.

39


40 TECH ZONE kemampuan untuk menguji dan mengkalibrasi alat pengukur gaya hingga 20 Mega-Newton (MN), yang menjadi salah satu yang tertinggi di seluruh dunia, kalibrasi gaya yang kredibel dan akurat semakin penting bagi industri . Dalam pemahaman APMEN dan IAA, selain Singapura, hanya Tiongkok dan Jerman yang memiliki fasilitas dengan kemampuan pengujian dan kalibrasi tersebut. Pengukuran gaya diterapkan secara luas di berbagai sektor industri dalam bentuk transduser gaya, atau dikenal sebagai loadcell, untuk berbagai tujuan termasuk: • • • • • • • •

Menggunakan

The Force & The STAR

APMEN dan IAA diberi kesempatan untuk mewawancarai Dr Thomas Liew, executive director, National Metrology Centre; Lee Shih Mean, senior metrologist, National Metrology Centre; Sim Sem Peng, chairman, Malayan Daching; dan Elton Tong, service manager, Malayan Daching, mengenai hubungan antara Malayan Daching dan A*STAR dalam membangun fasilitas pengukuran gaya 20 MN pertama Singapura. Oleh Mark Johnston. Editorial

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris Got a Question? Make An Enquiry.

ENQUIRY NUMBER

4202

Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com

D

ulu , Sing apur a t idak memil ik i kemampuan pengukuran untuk menang ani b any ak kebu t uhan indus tri berat yang diperlukan saat ini. Sekarang tidak lagi. Berkat adanya laboratorium pengujian dan kalibrasi alat pengukur gaya milik Malayan Daching. Sebagai laboratorium pengukuran gaya terakreditasi pertama Singapura dengan

Industri Dirgantara – mengukur bobot pesawat Industri Otomotif – mengukur bobot skala truk Transportasi Kereta Api – mengukur bobot kereta, lifting jack Teknik Sipil – pengujian tanah & beton Industri Kelautan – lifting devices, jack Minyak & Gas – pengujian pembengkokan pipa Uji Mekanis – kegagalan bahan Lainnya – loadcells yang digunakan dalam neraca elektronik untuk mengukur berat

Fasilitas seperti ini penting untuk akurasi dalam pengukuran gaya karena memberikan keamanan (gaya tinggi biasanya digunakan dal am indus t r i, s ehing g a p eng uk ur an akurat sangat penting untuk memastikan keamanan), jaminan kualitas (pengukuran yang akurat akan memenuhi persyaratan untuk standar operasional atau layanan yang ditetapkan oleh industri), penghematan biay a (peng ukur an y ang akur at dapat menimbulkan kompensasi, biaya hukum dan liabilitas); dan kemungkinan besar mening k at k an day a s aing per us ahaan dan industri. Mempersiapkan Laboratorium Persiapkan laboratorium dengan dukungan A*Star’s National Metrology Centre (NMC) dan Spring Singapore; seperti fasilitas lainnya, ak redit a si pent ing untuk memberik an keyakinan lebih kepada pelanggan terhadap hasil dan laporan tes laboratorium dan kalibrasi. Akreditasi untuk fasilitas ini telah diperoleh dari Singapore Accreditation Council – Singapore Laboratory Accreditation Scheme (SAC-SINGLAS). Sebelumnya, kemampuan pengukuran ter ting gi fa silit a s ini yang ter sedia dit awark an oleh A* S TAR adal ah 2 MN. Sekarang dengan aplikasi fasilitas baru ini,


AUGUST - SEPTEMBER 2016 • METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

para pelaku industri berat seper ti minyak & gas, kelautan dan lepas pantai, kons truk si, atau rekayasa berat kini dapat melakukan kalibrasi hingga 20 MN secara lokal daripada mengirimkan ke luar negeri, yang memakan wak tu dan biaya ting gi. Produktivitas juga diperkirakan akan mening k at lebih dar i 5 0 per s en , deng an pekerja yang dibeba skan sehingga dapat ditempatkan untuk tugas-tugas lain. Sebagai penanggung jawab dari s t andar p eng uk ur an na sional di Singapura, NMC memiliki keahlian dan pengalaman dalam memberikan dukungan metrologi untuk industri. NMC di w ak il i di b er b ag ai f or um internasional, seper ti Metre Convention, International Committee for Weights and Measures (CIPM), Asia Pacific Metrology Programme (APMP), dan memilik i jar ing an y ang lua s dengan lembaga metrologi nasional di seluruh dunia. Deng an fa silit a s ini, indus triindus tri seper ti minyak dan g a s , kelautan dan lepas pantai, konstruksi, a t au r e k a y a s a b e r a t k in i d a p a t m e l ak uk an k al ib r a s i t r an s du s e r gaya 20MN secara lokal, tidak perlu mengirim ke luar negeri, yang merupakan praktik lazim di kalangan industri ini. Ini menghemat wak tu yang diperlukan untuk kalibrasi dari dua hingga empat minggu menjadi sekitar satu minggu. Produktivitas juga diperkirakan akan meningkat lebih dari 50 persen, dengan pekerja yang dibeba skan sehing g a dapat ditempatkan untuk tugas-tugas lain. Otomatisasi untuk Akurasi “Untuk memanf aat k an per al at an tersebut secara efek tif dan untuk

Dari kiri: Lee Shih Mean, senior metrologist, National Metrology Centre, Dr Thomas Liew, executive director, National Metrology Centre, Sim Sem Peng, chairman, Malayan Daching, dan Elton Tong, service manager, Malayan Daching.

memastikan akurasi, perlu menggunakan otomatisasi di dalam sistemnya,” kata Elton Tong, service manager, Malayan Daching,. Tong melanjutkan, “Dalam hal pengendalian, untuk mengerahkan gaya 20 MN dibutuhkan waktu dan jika Anda melakukannya dengan cara manual kemungkinan Anda bahkan tidak dapat mengendalikannya dengan baik.” Masih kata Tong, “Ada tiga tahap pengendalian. Per tama, jika Anda ingin 20 MN, tahap pertamanya adalah mencoba dengan 18 MN dalam waktu singkat. Setelah kita mencapai 90 persen dari kapasitas penuh, kemudian kita turun lebih rendah ke dalam pengendalian menengah, yang sedikit lebih lambat, tapi masih cukup cepat untuk mencapai sekitar 95 persen. Namun, setelah kita mencapai lima persen terakhir dari target kita, maka kita sudah siap untuk yang 20 MN.

“Ada tiga tahap pengendalian. Pertama, jika Anda ingin 20 MN, tahap pertamanya adalah mencoba dengan 18 MN dalam waktu singkat. Setelah kita mencapai 90 persen dari kapasitas penuh, kemudian kita turun lebih rendah ke dalam pengendalian menengah, yang sedikit lebih lambat, tapi masih cukup cepat untuk mencapai sekitar 95 persen.”

Inilah mekanisme pengendalian yang kita miliki.” “Ketika kita mencapai target gaya yang kita inginkan, kita memiliki sistem otomatis yang menangkap pembacaan setelah mencapai target gaya. Proses ini perlu diotomatiskan karena mata kita tidak akan dapat mengetahui gaya secara tepat, karena setelah mencapai 20 MN maka pembacaan unit ini selalu berfluktuasi. Jika Anda ingin melihat 20 MN secara tepat dan mengambil pembacaan maka kemungkinan Anda akan meleset sedikit. Apa yang kami lakukan adalah membuat sistem tangkapan agar ketika master indikator menunjukkan angka 20 MN maka akan menangkap pembacaan unit. Yang paling penting, ada juga beberapa kendali yang terkait dengan metodologi tentang bagaimana untuk tidak melampaui kisaran target Anda,” tambah Mr Tong. Selain itu, perusahaan mengembangkan perangkat lunak khusus untuk membantu pengujian dan kalibrasi alat pengukur gaya berkapasitas tinggi, load cell, dan silinder hidrolik . Deng an sis tem yang sepenuhnya terkomputerisasi, keseluruhan proses kalibrasi akan otomatis. Ditambahkan oleh Lee Shih Mean, s e n i o r m e t r o l o g i s t (M e c h a n i c a l M e t r o l o g y) : “ S a l a h s a t u c o n t o h dari hal ini adalah ketika gaya yang

41


42

METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA • AUGUST - SEPTEMBER 2016

“Kami adalah lembaga pengukuran nasional di Singapura, jadi apa yang kami tawarkan adalah ilmu pengetahuan pengukuran dan juga pemahaman kami tentang standar dan acuan pengukuran.”

Lever Amplified Force Standard 2 MN National Metrology Centre.

ingin Anda ukur adalah sinyal acuan (set point). Dalam hal pengambilan pengukuran, kita tidak ingin g ay a terlampaui kemudian turun kembali. Dalam hal kendali, lebih mudah mengendalikan kapan Anda melampaui dan kemudian ketika Anda turun maka Anda membiarkannya mencapai sinyal acuan sebelum Anda menaikkan gaya. Ini akan dianggap kendali normal. Namun, kita tidak ingin itu terjadi di sini, kita inginnya naik dan kemudian naik perlahan lalu menyentuh target yang ditetapkan sebelum menuju ke sinyal berikutnya. Tidak boleh ada gaya turun ketika berada dalam fase naik. Ini yang kami sarankan kepada setiap orang. Kolaborasi bersama A*STAR Ketika ditanya mengenai kolaborasi b e r s am a A* S TA R , D r T h o m a s Liew, executive direc tor National Metrology Centre, mengatakan: “Kami adalah lembaga pengukuran nasional di Singapura, jadi apa yang kami tawarkan adalah ilmu pengetahuan pengukuran dan juga pemahaman k ami tent ang s t andar dan acuan

p eng uk ur an . K ami meng g unak an penget ahuan ini untuk bekerja dengan Malayan Daching untuk mengembangkan mesin baru ini yang memiliki kemampuan 20 MN. Menurut s aya , secara regional , ini adalah s a t u - s a t un y a f a s il i t a s s e mac am ini dan merupakan perluasan dari kemampuan pengukuran Singapura kami, dari 2 MN sekarang jadi 20 MN.” L e b ih l a n ju t i a m e n j e l a s k a n : “Kami meng gunakan pengetahuan pengukuran kami untuk membantu dalam pemilihan sel acuan untuk mesin ini. Kami juga menggunakan kemampuan kami sebagai otoritas pengukuran untuk mema s tikan bahwa mesin pengukuran yang dibuat adalah untuk mengukur gaya s ec ar a akur at , mis . : meng acu ke standar pengukuran nasional atau standar SI. Itulah peran utama kami.” Prosedur Pelaksanaan Mr Tong menjelaskan lebih lanjut tentang apa yang diharapkan setelah sebuah perusahaan menghubungi mereka dan ingin memanfaatkan kemampuan pengukuran baru mereka: “Jika misalnya ada pelanggan atau klien menghubungi untuk menanyakan sesuatu, hal pertama yang kami lakukan adalah menilai peralatan mereka, misalnya, peralatan apa saja yang mereka miliki? Berapa kapasitasnya? Apakah dalam ruang lingkup fasilitas kami dan juga ukuran load cell atau jack hidrolik, dan apakah dapat masuk ke dalam bingkai kalibrasi kami? Setelah menetapkan kesesuaian permintaan tersebut, maka kami akan berbicara dengan mereka lebih lanjut tentang spesifikasi, seperti akurasi seperti apa yang mereka butuhkan, dan jenis sensitivitas bagaimana yang mereka butuhkan.” “Jika mereka tidak bermasalah dengan ruang lingkup kami maka kami mungkin akan membahas lebih terperinci tentang jenis indikator yang

mereka miliki, karena jika Anda memiliki load cell, maka load cell itu akan memberi sinyal untuk indikator. Kami perlu memahami bagaimana cara kami bekerja dengan indikator ini, dan kemudian jika semuanya baik-baik saja dan insinyur merasa cocok maka pekerjaan akan dilakukan,” tambahnya. Integrasi dengan Kemampuan yang Ada Mr Tong juga membahas masalah integrasi dan bagaimana layanan baru ini selaras dengan kemampuan perusahaan yang ada saat ini: “Kemampuan baru ini merupakan penawaran terpisah dengan yang kami miliki sebelumnya. Dari mengukur bobot kit uji fisik hingga pengukuran load cell. Kami mendapat akreditasi ISO/IEC 17025 sejak tahun 1988 sebagai panduan kualitas kami, maka kami masih dapat menggunakan sistem kualitas yang sama yang telah kami gunakan, dan selain itu, insinyur kami yang semuanya terlatih dalam bisnis pengukuran berat (bagian kalibrasi pengukuran berat), maka bagi mereka mudah saja untuk beralih ke belajar kalibrasi baru untuk pengukuran gaya load cell. Ini memengaruhi produk tivitas mereka karena untuk kalibrasi itu kami tidak melakukannya setiap hari, karena mereka sangat sibuk dan mereka semuanya diberdayakan sehing ga dengan layanan kalibrasi baru ini, maka lebih mudah bagi mereka untuk bekerja dengan kami dan meningkatkan jam kerja mereka, jadi saya pikir itu suatu peningkatan yang baik.” Untuk memenuhi persyaratan yang ketat dari ISO 376 dan ISO 7500-1, tim berdedikasi selama enam bulan (bukan hanya dua sampai tiga bulan seperti biasanya) untuk mengembangkan dan memecahkan masalah perangkat lunak yang disesuaikan yang mampu mengontrol proses kalibrasi hingga ke tingkat akurasi 5 ppm (parts per million).


METROLOGY & DESIGN 43

INOVASI INSPEKSI BENGKEL

Meninjau CMM Generasi Baru Peta teknologi yang berubah dengan pesat mengharuskan adanya lompatan dalam kualitas Coordinate Measuring Machines (CMM) yang ada saat ini, baik dalam hal akurasi maupun level otomasinya. Kontribusi oleh Nikon.

D

alam metode inspeksi perakitan otomotif saat ini, penting bagi pabrik perakitan otomotif untuk terus-menerus melakukan pemantauan kualitas proses selama proses manufak tur. Loka si lubang , slot , s tud, jalur pengelasan dan fitur-fitur lain harus diukur pada kendaraan dalam perakitan Body in White (BIW). Flush dan kesenjangan pada pintu dan hanger lainnya juga perlu dipantau dan diverifikasi. Inspeksi ini mema s tikan kendaraan dibangun dalam batas toleransi paling ketat yang ditetapkan oleh produsen otomotif. Pada masa lalu, pengukuran ini terutama dilakukan secara offline dengan CMM lengan horizontal atau pada jalur produksi menggunakan banyak sensor yang masing-masing diarahkan pada setiap fitur yang akan diperiksa. Meskipun CMM memberikan pengukuran absolut yang sangat akurat,

tapi cenderung lambat dan membutuhkan lab metrologi yang mahal , sehing ga membatasi peng gunaannya dalam aplika si of f line. Diperlukan banyak wak tu untuk memindahk an kendar aan dari jalur produk si, menempatkan dan menyejajarkannya di CMM lalu melakukan pengukuran yang menyita banyak waktu. Yang terbaik adalah satu shift CMM dapat memerik s a dua kendar aan. Ini s ang at sedikit kalau mengingat ada lebih dari 1.000 kendaraan yang dibuat setiap hari di satu pabrik otomotif. Sis tem inline tradisional dapat memiliki lebih dari 100 fixed sensor. Fixed sensor ini berat dalam pemasangan dan pemeliharaan, ser ta tidak menyediakan ‘peng ukuran absolut ’ untuk f itur-f itur dal am sis tem koordinat mobil . S el ain itu, sebagian besar jalur perakitan saat ini s u d ah ‘ f le k s ib e l ’, s e hin g g a d ap a t memproduk si lebih dari satu jenis

Editorial

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris Got a Question? Make An Enquiry.

ENQUIRY NUMBER

4301

Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com


44

METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA â&#x20AC;˘ AUGUST - SEPTEMBER 2016

Pengukuran kesenjangan dan flush ujung jalur

Selain itu, sebagian besar jalur perakitan saat ini sudah â&#x20AC;&#x2DC;fleksibelâ&#x20AC;&#x2122;, sehingga dapat memproduksi lebih dari satu jenis kendaraan. kendaraan. Fixed sensor tidak dapat digunakan untuk kendaraan yang ber beda jenis ; s e t iap kendar aan membutuhkan seperangkat sensor yang khusus. B aru-baru ini sis tem inspek si inline telah beralih menuju solusi berbasis robot yang f leksibel tapi bergantung pada robot untuk akurasi posisi yang membatasi kinerjanya. Laser Radar L a s er R adar Nikon menye diak an alternatif unik untuk kekurangan Pengaturan lengan horizontal ganda untuk inspeksi body-in-white

dalam metode inspeksi tradisional. Perangkat ini melakukan pengukuran tanpa kontak secara otomatis dan sangat akurat, dengan menggunakan laser terfokus yang dikendalikan oleh azimuth presisi dan drive elevasi. Untuk melakukan pengukuran, perangkat ini hanya membutuhkan sebagian kecil dari sinyal laser yang dikembalikan yang memberinya kemampuan untuk mengukur hampir segala permukaan, termasuk panel bodi telanjang yang sangat reflektif serta permukaan yang dicat

mengkilap. Dengan kemampuan pengukuran yang cang gih ini, perangkat dapat digunakan untuk BIW dan flush baris akhir dan inspeksi kesenjangan pada mobil yang selesai diproduksi. S el ain itu, per ang k at ini jug a memiliki rentang pengukuran yang besar (sampai 50 m untuk MV350), yang memungkinkan untuk dengan mudah mengukur objek yang memiliki ukur an s ebe s ar mobil , t r uk , dan kendaraan besar lainnya. Inspeksi Line Side Stasiun inspeksi Laser Radar dapat dipasang secara line side. Sebuah stasiun yang terdiri atas satu atau lebih laser radar yang dipasang pada robot industri dengan 6-axis. Robot jenis ini sudah banyak digunakan di fasilitas produksi otomotif, sangat canggih dan dapat dengan mudah menangani muatan perangkat. Robot digunakan untuk secara otomatis memosisikan perangkat sehingga dapat memeriksa area yang tersembunyi dari jalur pandangan dari lokasi perangkat tung gal. Misalnya bingkai pintu atau panel b o di l ainn y a mun g k in m e nu t upi jalur pandangan ke beberapa f itur di bidang lantai; perubahan posisi perangkat ke lokasi alternatif akan


AUGUST - SEPTEMBER 2016 â&#x20AC;˘ METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

Di setiap posisi robot, Laser Radar dapat menginspeksi puluhan fitur

membuat fitur-fitur ini terlihat lagi tanpa perlu beberapa sensor. Setelah robot mengubah posisi Laser Radar, perangkat ini secara otomatis mengukur titik kesejajaran pada kendaraan atau pallet. Hal ini terjadi setiap kali robot memindahkan Laser Radar, menjamin bahwa semua pengukuran dilakukan di koordinat kendaraan dan memastikan akurasi pengukuran tidak tergantung pada kemampuan robot untuk mengatur posisi perangkat secara berulang. Di setiap lokasi, perangkat ini dapat mengukur puluhan f itur pada kendar aan . Peng ukur an ini diprogram sebelumnya dalam perangkat lunak inspeksi langsung dari model CAD kendaraan. Setelah pemrograman awal, pengumpulan data dan pelaporan dilakukan otomatis sepenuhnya. Skrip inspek si unik juga dapat ditulis untuk setiap gaya dan model kendaraan yang dibuat pada jalur p r o duk s i s ehin g g a s t a s iun inspeksi ini benar-benar fleksibel. Menambahkan gaya kendaraan di masa depan hanya membutuhkan pemog r aman ul ang dar i renc ana inspek si dan tidak memerlukan p e r ub ah an f i s ik a t au p e r an g k a t keras baru. Interaksi perangkat, robot, dan perangkat lunak analisis sepenuhnya terintegrasi; inspeksi sepenuhnya o t oma t i s dan t idak m em er luk an in ter vensi manual s aat r un t ime, meningkatkan kecepatan dan

Fitur-fitur seperti lubang, slot, pin, studs dapat dengan cepat diinspeksi menggunakan Laser Radar

kualitas pengukuran dibandingkan dengan metode tradisional. Meningkatkan Akurasi ke Level Baru Laser Radar adalah sistem pengukuran tanpa kontak yang dapat dipr o g r am dan memil ik i ak ur a si < 0 ,1mm t er hadap v o lum e m o bil . Perangkat ini sepenuhnya otomatis dan dapat langsung mengukur lubang, studs, baut , ser ta banyak f i t ur l ainny a s e c ar a ak ur a t dar i kebuntuan bes ar, menghilangkan risiko â&#x20AC;&#x2DC;menabrak â&#x20AC;&#x2122; ke dalam kendaraan. Perangkat ini mengukur hingga 2.000 titik / detik sehingga cocok tidak hanya untuk mengukur f itur tetapi juga memindai permukaan. Kemamp uan un t uk m emp r o g r am

Dimensi dan lokasi fitur diukur dalam koordinat absolut

perangkat secara offline membuatnya ideal untuk inspeksi inline; berbagai model kendaraan di jalur perakitan yang sama kini menjadi program inspeksi baru.

45


46 FEATURES

SEKTOR AUTOMASI MALAYSIA Dalam artikel ini, kita akan membahas 198 vendor automasi Malaysia, yang beberapa di antaranya telah disurvei terkait pandangan mereka terhadap pasar. Kemudian, ini akan dihubungkan dengan perkembangan industri terkini, yakni pergeseran massal di sektor pertumbuhan investasi. Oleh Fabian Teja Boegershausen, manajer, dan Frederik Junge, analis tamu, Solidiance.

Editorial

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris Got a Question? Make An Enquiry.

ENQUIRY NUMBER

4401

Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com

S

ek tor yang t adinya merupakan sektor produksi utama Malaysia (Miny ak & G a s , Miny ak S aw i t , Elek t ronik , dan O tomot if ) k ini dihadapkan pada anjloknya pasar dunia, peningkatan biaya, dan sengitnya persaingan dari pasar-pasar tetangga, terutama dengan berlakunya Masyarakat Ekonomi A SEAN (MEA) sejak 2015. Kendati investasi masih tumbuh pada 2014, namun arahnya beralih dari migas, otomotif, dan sektor-sektor yang tadinya adalah sektor utama menuju sektor kimia dan penyulingan minyak.

Vendor automasi industri ber tanyatanya masih adakah peluang yang ter sis a dan fak tor apa s aja yang akan memengaruhi pergerakan pasar. Sur vei kami menunjukkan, perusahaan berpaling dari yang tadinya disebut ‘tanah susu dan madu’ (migas) dan bisnis ‘roti dan mentega’ (sektor manufaktur), menuju ke industri pengolahan seperti kimia dan pengolahan makanan. Perusahaan melihat semakin besarnya potensi bisnis purnajual, dan meyakini bahwa impuls positif juga bisa datang dari industri TI.


AUGUST - SEPTEMBER 2016 • METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

Beberapa tahun belakangan, sektor manufaktur teknis (baik elektronik maupun otomotif) telah melambat. Produsen dan vendor barang dan jasa automasi harus berpikir ulang, sektor manakah di Malaysia yang bisa membuka peluang di masa depan dan yang masih menjanjikan pertumbuhan.

Data sektor sebagian menguatkan potensi masa mendatang yang diproyek sikan vendor dalam area baru yang disukai mereka ini, namun juga sekaligus menimbulkan b a n y a k p e r t a n y a a n . D i t i t ik ini , sulit sekali memprediksi bagaimana kondisi inves tasi indus tri dan permint aan automa si t ahun 2015 dan seterusnya. Yang jelas, tidak ak an ada p e r t umb uhan in du s t r i y an g lua s di s emua s ek t or. Vendor harus secara proaktif mencari peluang dan bersiap menawarkan produk dan ja s any a di luar zona nyaman mereka. Tren Ekonomi dan Investasi Malaysia adalah salah satu negara p al ing maju di A SE A N dan t el ah menunjukkan pertumbuhan industri yang kuat . Negara ini mengalami kemajuan pe s at di empat s ek tor industri: •

Minyak & gas — ladang cadangan migas besar, mayoritas diekspor dalam bentuk bahan mentah. Minyak sawit — perkebunan besar, mayoritas diekspor dalam bentuk bahan mentah.

Elektronik — ekspor produk teknis terbesar.

Otomotif — hanya untuk pasar domestik.

B e b e r a p a t a h un b e l a k a n g a n , s e k t o r m a n u f a k t u r t e k n i s (b a i k elektronik maupun otomotif) telah mel ambat . Produs en dan vendor bar ang dan ja s a au toma si har us berpikir ulang, sek tor manakah di Malaysia yang bisa membuka peluang di ma s a depan dan yang ma sih menjanjikan pertumbuhan. Ada beberapa sek tor yang mungkin menjanjikan potensi ini, terutama yang banyak dibicarakan belakangan ini, yakni sektor kimia dan petrokimia, yang kini tumpang tindih dengan industri minyak bumi/ industri hilir. Ekonomi Malaysia jelas mengalami pergeseran jika kita melihat industri pengolahan hilir, petrokimia, dan

kimia yang deras akan arus investasi sementara di lain pihak sektor-sektor u t am a s e p e r t i t r an s p o r t a s i dan migas jus tru melambat . Besarnya peningkatan indus tri pemrosesan hilir dan petrokimia ini disebabkan utamanya oleh proyek super besar seper ti penyulingan terpadu dan p e t r o k im i a R A P ID y a n g n i l a in y a mencapai US$16 miliar (inves t a si d a l a m b e b e r a p a t a h u n) . S e k t o r Listrik dan Elektronik terlihat stabil, sement ar a sek tor-sek tor lainny a ber variasi. Peningkatan kuat juga terjadi di bidang produk si logam da sar seper ti pengecoran logam. Bangunan dan konstruksi tidak dapat ter lihat di sini k arena t idak ada laporan investasi. Sektor manufaktur lain memiliki jumlah total investasi sekitar US$4,3 miliar. Nil ai inve s t a si y ang dis e tujui pada tahun 2014 mencapai ~US$74 miliar. Pendorong utamanya tetap berasal dari sektor jasa, dengan nilai

Secara umum, ekspektasi vendor sejalan dengan pertumbuhan investasi, meski beberapa sektor (seperti makanan dan minuman) memiliki cerita lain.

47


48

METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA • AUGUST - SEPTEMBER 2016

investasi ~ US$47 miliar. Terlebih lagi, pada 2014, investasi dalam negeri memiliki dampak bes ar terhadap perekonomian, dengan porsi 7 2,6 persen (sisanya 27,4 persen adalah inve s t a si luar ne g er i). Inve s t a si sedikit pulih setelah krisis ekonomi 2008 dan terus naik dalam beberapa tahun belakangan. Survei Vendor Automasi Kondisi Vendor Automasi Malaysia S ejauh ini, ak t iv it a s per us ahaan automasi fokus pada sektor industri teknis seperti elektronik dan otomotif serta industri pengolahan penting. Sekitar 80 persen perusahaan automa si Malaysia menempatkan kantor pusatnya di kawasan Kuala Lumpur dan Selangor. Perusahaan automasi di wilayah ping gir cenderung fokus pada spesialisasi dan produk yang ditujukan untuk industri lokal, misalnya elektronik di wilayah utara Perbedaan ini menimbulkan sentimen positif dan negatif terkait perubahan kondisi sektor automasi. P er u s aha an b er s en t imen p o si t i f karena mereka masuk ke sektor yang tepat, sementara bagi yang tidak bisa menangkap peluang saat ini, mereka bersentimen negatif. Proyeksi Bisnis Vendor Automasi Pa s ar purnajual semakin penting bagi vendor. Di tengah kondisi pasar yang sedang surut, pemeliharaan dan

Ekspektasi vendor sejalan dengan pertumbuhan investasi, meski beberapa sektor (seperti makanan dan minuman) memiliki cerita lain.

servis merupakan bidang bisnis yang penting. Ketersediaan pakar teknik (lokal) akan menjadi salah satu isu utama industri automasi, sementara di lain pihak ada tantangan yang sudah siap menunggu, yakni masalah keamanan dunia maya dan ak ses suku cadang.

Kendati investasi mendatang di sek tor-sek tor ini sulit dipredik si, catatan terbaru seper tinya menguatkan bahwa fokusnya sekarang adalah bidang kimia. Inves t a si mendatang di sektor migas cenderung menurun, terbukti dengan rendahnya harga minyak.

Prioritas Baru bagi Vendor Automasi S ol idiance men s ur vei lebih dar i 19 0 v en d o r au t o ma s i d en g an 10 wawancara mendalam terkait proyeksi bisnis dan prioritas industri masa depan mereka. Berdasarkan survei ini, terlihat bahwa vendor melakukan peralihan radikal dari sek tor yang sebelumnya dikategorikan sek tor utama menuju ke sek tor samping, dengan sedikit sek tor di tengahtengahnya. Industri ini dikelompokkan menjadi tiga kluster:

Automasi proses: Mengacu kepada automasi proses cairan dan gas yang berjalan tanpa putus, seperti dalam proses kimia, fermentasi minuman, pendinginan udara, dan seterusnya.

1. ‘Harapan baru’, karena sek torsek tor ini t ampaknya menjadi sektor yang mendadak menjadi pilihan. 2. ‘ Taruhan pa s t i’, sek tor-sek tor yang selama ini baik dan setidaktidaknya akan tetap stabil dalam tahun-tahun mendatang. 3. ‘ T i d a k d i s u k a i l a g i ’, s e k t o rsektor besar yang dahulu disebut pendorong pertumbuhan namun sekarang tidak penting lagi.

Automasi produksi: Mengacu kepada automa si produk si langkah demi l ang k ah , s ep er t i p emang g ang an roti, pengujian chip, pengisian botol minuman, dan seterusnya. Kompleksitas produk: Mengacu kepada variabel yang harus diperhitungkan dal am au t oma si , dan k arenany a meningkatkan biaya automasi. Penurunan risiko: Mengacu kepada penurunan risiko bagi nyawa manusia dan per tang gung jawaban produk , yang secara efektif mengurangi risiko perusahaan dan biaya modal. P o te n s i p e n g h e m a t a n : M e n g a c u kepada penurunan biaya produksi yakni dengan mengurangi periode henti operasi dan mengurangi tenaga kerja, sehingga amortisasi investasi bisa lebih cepat.


AUGUST - SEPTEMBER 2016 • METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

Kesimpulan dan Proyeksi Secara umum, ekspektasi vendor sejalan dengan pertumbuhan investasi, meski beberapa sektor (seperti makanan dan minuman) memiliki cerita lain. Prioritas Vendor Automasi vs Tren Investasi Pada 2014, inves t a si di sek tor tertentu terlihat tumbuh jauh lebih p e s a t dib anding s ek t or l ainny a . Ini sejalan dengan prioritas baru para vendor automasi. Sek tor dimak sud adal ah pe t roleum dan petrokimia karena proyek-proyek ‘super’ dari pemerintah yang akan terus berlanjut. Sek tor kimia juga mengalami kenaikan signifikan. Lain ceritanya dengan sektor pengolahan makanan yang terlihat mengalami penurunan inves t a si. Ini dapat dikaitkan dengan tren-tren baru pada 2015 atau persepsi yang tidak ada hubungannya dengan tren investasi. Posisi vendor elektronik yang netral hing ga positif senada dengan data yang ada, yang menunjukkan pertumbuhan investasi yang stabil. Sur vei vendor automa si t idak meliput sektor logam dasar sebagai sektor potensial. Meskipun prosesproses super berat di industri ini hanya bisa dimasukkan dalam kategori automasi manufaktur klasik, bidang ini bisa berkembang di masa yang akan datang. Peluang Sektor — Secara umum prioritas vendor terlihat masuk akal, tetapi perlu juga melihat realitas yang terjadi

Kendati investasi mendatang di sektor-sektor ini sulit diprediksi, catatan terbaru sepertinya menguatkan bahwa fokusnya sekarang adalah bidang kimia. Investasi mendatang di sektor migas cenderung menurun, terbukti dengan rendahnya harga minyak. Kendati priorit a s baru para vendor terhadap sek tor kimia dan petrokimia dibandingkan bidangbidang yang sebelumnya populer seperti otomotif dan migas memang ma suk akal , optimisme mereka ma sih perlu diperkuat . Di bidang makanan dan minuman, pernyataan politis yang berapi-api tidak didukung oleh data investasi yang kuat, dan derasnya arus investasi di sektor petroleum dan petrokimia i t u hany a didor on g o leh s e dik i t proyek besar. Proyeksi Industri Mendatang — Tren c e n d e r u n g b e r l a n j u t d i s e k t o rsektor utama Investasi pemerintah dan perus ahaan patungan di sek tor indus tri pengolahan cenderung berlanjut , setidaknya dalam tig a hing g a empat t ahun mendat ang . Di sek tor kla sik seper ti miga s, pemulihan sek tor hulu seper tinya b ar u t er jadi s e t el ah dua hing g a tiga tahun ketika kondisi ekonomi g lo b al mamp u m enaik k an har g a

energi. Industri transpor tasi lokal harus melakukan restrukturisasi jika ingin pulih. Sek tor ekspor seper ti elek tronik akan cenderung s t abil karena inova si dari kantor pus at regional. Fak tor penguat investasi lainnya adalah pa s ar teknologi global yang sedang tumbuh ser ta kondisi dalam negeri yang stabil. Cara Agar Menang dalam Persaingan — Akses pasar akan menjadi faktor yang lebih besar di industri automasi Per tumbuhan di s ek tor k imia s er t a p e t roleum dan p e t rok imia d i d o m i n a s i o l e h p r o y e k- p r o y e k r a k s a s a . In i a r t in y a , h a n y a a d a beberapa pengambil keputus an y ang ak an meng ar ahk an vo lume proyek masif. Sebagian perusahaan ak an muncul s ebag ai pemenang , sementara lainnya akan tersisih. Demikian juga, di sektor-sektor kecil namun (belum) tumbuh, seperti sektor makanan dan minuman, akses dan eksistensi di pasar yang kurang berkembang akan menjadi penentu kemenangan.

49


50 FEATURES

MENJANGKAU HINGGA

BAGIAN KECIL Pembubutan mikrokomponen titanium memerlukan micromachining khusus, utamanya dalam pembuatan jam dan implan bedah. Oleh Syed Shah.

M

Editorial

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris Got a Question? Make An Enquiry.

ENQUIRY NUMBER

4402 Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com

icromachining adalah teknologi p embua t an mik r okomp onen yang ukurannya berkisar dari satuan milimeter hing ga mikrometer (atau dikenal dengan mikron). Saat ini, untuk membentuk unit mikro yang komplek s , diper luk an pembuat an dan penyatuan komponen-komponen kecil . K arena i t ul ah micromachining s ang a t dibutuhkan. Banyak sekali produsen yang telah menangani komponen-komponen kecil ini selama beberapa dekade; industri pembuat jam dan indus tri pembuat an implan b e dah . O leh k ar enany a , t ek nolo g i ini bukanlah teknologi yang benar-benar baru. Banyaknya pengalaman dan keahlian ada di bidang ini sangat menguntungkan dalam proses pemilihan bahan dan produksi.

Menyortir Bahan T it anium, ker amik silikon nit rida , dan aloi nivarok s adalah bahan yang lazim digunakan dalam pembuatan komponen micromachining. Titanium dan keramik silikon nitrida cocok untuk implan bedah karena biokompatibilitasnya. Dari perspektif medis, secara kimiawi bahanb ahan ini b er s i f a t lemb am dan t idak menunjukkan reak si apa pun terhadap berbagai cairan tubuh. Karenanya, bahanb ahan ini s er ing diman f a a t k an un t uk menggantikan organ atau jaringan, juga untuk bekerja bersama jaringan hidup. Sement ara itu, aloi nivarok s dapat dijumpai di dunia pembuat an jam dan aplik a si me dis , me sk ipun lebih l a zim dim an f a a t k an un t uk p e mb u a t an jam . Aloi baja ini dipadu dengan kobalt, nikel, kromium, dan sedikit tit anium at au berilium. Ketika digunakan untuk membuat komponen jam, aloi ini mengurangi kes alahan akibat varia si suhu; karena itu bahan ini sering dibuat dalam bentuk pegas nivaroks. Memilih Logam yang Tepat â&#x20AC;&#x201C; Titanium Khusus untuk titanium, ada dua manfaat lain yang ditawarkan. Bahan ini memiliki


AUGUST - SEPTEMBER 2016 â&#x20AC;˘ METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

Banyak produsen menangani komponenkomponen miniatur ini selama beberapa dekade; dalam konteks ini adalah industri pembuat jam dan produksi implan bedah.

rasio kekuatan terhadap berat yang ting gi, ser t a t ahan korosi. Dalam kondisi bukan aloi, titanium sama kuat dengan baja, namun 45 persen lebih ringan. Ditambah dengan sifat yang non-toksik dan non-feromagnetik, sehing g a pa sien dapat diperik s a secara aman dengan MRI dan NMRI, titanium menjadi bahan pilihan untuk industri medis. Titanium digunakan dalam implemen dan implan bedah seperti bola dan soket panggul yang dapat bertahan hingga 20 tahun. Pada implan logam di logam (metal-on-metal), baik bola maupun soket sendi panggul digantikan oleh prostesis logam, dan di antara itu dipasangi penyela logam. Oleh karena itu, keausan implan metalon-metal tidak secepat implan logam di plastik (metal-on-plastic) biasa. Implan metal-on-plastic memiliki tingkat keausan sekitar 0,1 mm per tahun, sementara implan metal-on-metal sekitar 0,01 mm per tahun atau 10 kali lebih kecil dibanding logam dan plastik. Selain itu, karena dapat menyatu dengan tulang, titanium dimanfaatkan juga untuk implan ortopedi. Beban rangka lebih terbagi rata antara tulang dan implan, sehingga kemungkinan terjadinya degradasi tulang akibat patah tulang periprostetis lebih kecil. Namun demikian, kekakuan titanium masih lebih besar dibanding kekakuan tulang, sehingga tulang di dekatnya menanggung beban yang jauh lebih kecil dan dapat menyurut.

Micro Cutting Micro cut ting, terutama micro milling, dan laser micromachining adal ah b eb er ap a con t oh pr o s e s micromachining. Agar dicapai micro cut ting, kecepatan pemotongan dan pengumpanan untuk menyisihkan bahan pada laju yang bisa diterima harus ditingkatkan, sehing ga memerlukan spindel khusus b er ke cep a t an t ing g i . S e l ain i t u , tembakan dan nozel udara dingin lebih dipilih untuk mencur ahk an pendingin selama tahap pendinginan pada proses pemotongan. Aspek lain yang patut dipertimbangkan adalah pilihan end-mill karena penting untuk menjaga umur pakai alat dan fixture. Mata alat pada micro milling harus mengikuti diameter yang ukurannya bisa sangat kecil (hingga 0,1 mm), dengan spindel berkecepatan tinggi yang berputar pada kecepatan 20.000 hingga 150.000 rpm. Alat ini mampu melakukan milling baja, kuningan, dan aluminium dengan kedalaman pemotongan sekitar 30 mikron dan laju pengumpanan 120 hingga 240 mm per menit, sehingga dihasilkan lapisan akhir berkualitas tinggi yakni hingga 0,2 mikron. Meskipun micro milling dimanfaatkan dalam produk si komp onen biome di s , s al ah s a t u masalah umum yang dihadapi banyak peng g una adalah pat ahnya mat a al a t , y an g bia s an y a di s eb abk an

oleh besarnya gaya sewaktu bahan disisihkan pada laju tertentu. Selama proses penyisihan logam, energi spesifik yang diperlukan akan semakin besar seiring penurunan ketebalan chip. Karena itu, mata alat mikro menghadapi resistensi yang lebih besar seiring berkurangnya kedal aman p emo tong an , s ep er t i bahan komponen kerja yang menjadi lebih keras selama micro machining. Gaya resistensi ini cukup kuat sehingga melampaui batas kekuatan tekuk mata alat sebelum alat mengalami keausan dan robekan. Oleh karena itu, jejari tepi mat a alat harus lebih bes ar daripada ketebalan chip. Selain itu, mesin micro cutting harus memiliki toleransi tinggi karena getaran kecil saja akan menjadi lebih kuat seiring berkurangnya diameter alat . Get aran ter sebut tidak s aja mengurangi tingkat presisi, tetapi jug a bis a memat ahk an end-mill . Makino mengatasi masalah ini dengan

Beban kerangka lebih terbagi rata antara tulang dan implan, sehingga kemungkinan terjadinya degradasi tulang lebih kecil

51


52

METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA â&#x20AC;˘ AUGUST - SEPTEMBER 2016

Titanium digunakan dalam implemen dan implan bedah seperti bola dan soket panggul yang dapat bertahan selama 20 tahun.

membuat spindel yang pergantian alatnya dilakukan secara langsung. Karena tidak menggunakan penahan alat, keausan total yang disebabkan oleh variasi penahan alat pun berkurang. Metode pendinginan dan pelumasan spindel juga berpengaruh pada perkembangan dan pergerakan spindel selama proses pembubutan. Spindle Core Cooling, pendingin inti spindel dan sistem pelumasan lingkar bawah dari Makino, digunakan untuk meredam distorsi termal spindel. Sistem ini menyebarkan oli pendingin yang terkendali suhu ke seluruh pusat spindel yang berputar, sehingga mendinginkan cairan dari dalam. Selain itu, dengan pelumasan lingkar bawah, oli pendingin bersirkulasi melalui spindel, mengalir melalui lubang-lubang di lingkar bantalan dalam guna melumasi bantalan. Laser Micromachining Proses laser cutting dilakukan oleh Computer Numerical Control (CNC) dengan menggerakkan sinar laser kecil

yang terfokus, di sekujur permukaan komponen kerja. Proses ini tidak saja tanpa sentuhan, tetapi juga fleksibel dan bebas dari getaran. Fokus yang tajam dari sinar laser dikombinasikan dengan kerapatan daya yang tinggi di bagian fokus, membuat alat ini bisa dimanfaatkan untuk memotong bahan hingga level mikron. Laser micromachining menjangkau berbagai fungsi seperti micro cutting dan micro drilling. Tidak seper ti teknologi fabrikasi yang tetap, laser micromachining memberikan prakondisi optimal untuk menghasilkan kualitas dan presisi yang dibutuhkan. Untuk laser cutting implan, foil dan kawat dapat dipotong pada skala 10-mikron. Foil dan tabung juga dapat dibubut dengan lebar pemotongan di bawah 20 mikron. Laser Continuous Wave (CW) atau laser Pulsed Solid-State (PSS) dapat digunakan untuk micro welding, sehingga bisa diterapkan dalam produksi implan koklea. L a s e r p iko d e t ik m e n a w ar k an kualit a s dalam micromachining karena menggunakan ablasi dingin

Micromachining telah dimanfaatkan industri selama beberapa dekade, dimulai ketika perusahaanperusahaan membuat komponen jam.

(p en y i s ihan l api s an b ahan t ipi s dalam kondisi dingin), t anpa ada gaya mekanis, kerusakan aus dan gores, dan kerusakan termal. Daya lasernya berkisar dari 6W hingga 50W dan mengacu pada osilator terkunci mode 50MHz, sehingga menghasilkan sekitar 10 picosecond-pulse-train dan penguatan daya. Kombinasi daya denyut tinggi dan laju perulangan t ing g i meng ha silk an rer at a day a yang juga tinggi. Selain itu, teknologi pemompanya memungkinkan laser menunjukkan kes tabilan lokasi fokus dan arah sinar, yang merupakan prasyarat micromachining berpresisi tinggi. Jika dirangkum, micromachining telah dimanfaatkan industri selama beberapa dekade, dimulai ketika perusahaan-perusahaan membuat komponen jam. Produsen harus tahu, bahwa bahan yang digunakan untuk membua t mik r okomp onen har u s kuat sehingga tahan ketika dipotong dan dibor. Dalam proses pembuatan implan bedah, bahan yang digunakan harus memiliki biokompatibilitas dan memiliki ketahanan aus yang tinggi. S el ain b er p eng al aman dal am bahan, produsen juga harus memahami pletora proses micromachining, dari micro cutting, laser micromachining, serta cold clamping untuk menahan komponen.


FEATURES 53

Keajaiban Pertumbuhan Tiongkok:

TUMBUH DI ANTARA RAKSASA Terlepas dari keresahan di pasar sahamnya, saat ini Tiongkok tetap siap menantang Amerika Serikat sebagai negara adidaya ekonomi dunia. Manufaktur di Tiongkok mengalami pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya, tetapi akankah dongeng ekonomi ini berlanjut? Kisah kontribusi oleh Exxon Mobil.

P

osisi Tiongkok telah mapan sebagai pusat manufak tur dalam sejarah modern. Pada tahun 1980-an, Tiongkok menduduki peringkat ketujuh di sektor manufaktur global, membuntuti Italia. Pada tahun 2011, mereka menjadi produsen barang olahan terbesar di dunia, menyalip Amerika Serikat, yang memicu pertumbuhan dua digit PDB per kapita selama dekade terakhir, menurut data Bank Dunia. Tiongkok

mampu mencapai ini dalam beberapa dekade saja, dibandingkan Inggris yang perlu 150 tahun untuk upaya industrialisasinya. Per tumbuhan menakjubkan Tiongkok di sektor manufaktur didorong oleh faktorfaktor ekonomi makro seper ti kebijakan liberalisasi ekonomi setelah tahun 1978 dengan kebijakan pintu terbuka dan konfirmasi selanjutnya pada tahun 1992. Hal itu memicu peningkatan substansial dalam FDI (Foreign

Editorial

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris Got a Question? Make An Enquiry.

ENQUIRY NUMBER

4403 Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com


54

METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA â&#x20AC;˘ AUGUST - SEPTEMBER 2016

perusahaan-perusahaan bergerak ke hulu dalam rant ai nilai untuk meng ha silk an produk meneng ah hing ga high-end untuk memenuhi permintaan global. Hal ini menyebabk an per ge s er an dal am metode produksi yang ditingkatkan dan peningkatan investasi pada mesin berteknologi tinggi. Produsen Tiongkok melihat adanya kebutuhan untuk mengganti mesin mereka dengan mesin perkakas CNC yang lebih kompleks yang mampu mengganti alat ser ta pemuatan dan distribusi benda kerja, semuanya secara otomatis. Hal ini akan membantu produsen untuk dapat memproduksi produk bubut presisi yang akan menghasilkan margin dan nilai produksi yang lebih tinggi. Adopsi teknologi dan inovasi ini telah menyebabkan ekonomi modern Tiongkok mengalihkan fokus mereka pada inovasi dan layanan teknologi ting gi, menjauh dari yang tadinya sangat bergantung pada metode padat kar ya yang low-end. Menurut The Economist, hal ini membuka jalan untuk zona industri di negara itu untuk ditingkatkan dengan otomatisasi, pelatihan keterampilan tenaga kerja dan metode produksi baru.

Pelumasan yang Baik dan Benar: Shenzhen Yihe Mould Shenzhen Yihe Mould adalah perusahaan manufak tur teknologi ting gi yang memproduksi bagian punching press perangkat keras dan mould punchingpress presisi. Perusahaan ini adalah contoh dari produsen teknologi tinggi yang mendapatkan manfaat dari pengaruh bakat, inovasi dan pemasaran kota megapolitan di Tiongkok selatan. Perusahaan ini menggunakan sekitar 40 unit pusat pemesinan Mori Seiki CL 200 CNC untuk produk bubutan presisi mereka. Slideway mesin CNC menggunakan merek oli pihak ketiga sebagai pelumas. Oli tersebut memiliki sifat perekat yang buruk, sehingga bocor ke dalam sistem cairan pemotongan dari mesin. Kebocoran ini menghasilkan bau busuk dalam waktu yang sangat singkat,

Selain itu, oli ini juga menyebabkan getaran stick-slip di dalam mesin yang menghasilkan pola sentakan stop-start.

yang mengakibatkan lingkungan kerja yang tidak menyenangkan bagi karyawan di bengkel produksi.

Selain itu, oli ini juga menyebabkan getaran stick-slip di dalam mesin yang menghasilkan pola sentakan stop-start. Akibatnya, terjadi penurunan akurasi operasional, komponen yang sangat penting dalam memproduksi presisi bagian dan mould punching press presisi. Penurunan tingkat produktivitas akibat penggunaan oli ini membuat perusahaan memiliki kualitas produk yang lebih rendah dan tingkat konsumsi oli yang tinggi untuk mesin bubut CNC, menimbulkan biaya produksi lebih tinggi. Setelah menyimak masukan dari pelanggan dan melakukan penyelidikan di lokasi,

Shenzhen: Silicon Valley Tiongkok Shenzhen adalah sebuah kot a di Tiongkok selatan yang dikenal sebagai â&#x20AC;&#x153;Silicon Valley Tiongkok untuk perangkat ker a s â&#x20AC;?, s ebuah ko t a manu f ak tur terkemuka. Kota ini dibangun dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan manufaktur elektronik dan perangkat kera s . Shenzhen merupakan kot a pertama yang menikmati kebijakan Zo n a Eko n o m i K h u s u s T i o n g ko k yang memprak tikkan kapit alisme pa s ar â&#x20AC;&#x153; y ang dipandu oleh nil ainilai sosialisme Tiongkok.â&#x20AC;? Dengan segera kota ini berkembang pesat menjadi pelabuhan internasional dan pusat manufaktur yang difokuskan pada indus tri elek tronik yang menguntungkan. Kot a ini telah mencipt akan lingkungan yang modern dan kolaboratif bagi para produsen untuk bekerja dan belajar dari satu sama lain. Hal ini memungkinkan perusahaanperusahaan untuk tetap gesit dan kompetitif karena adanya informasi dan dukungan yang terus menerus.

ExxonMobil merekomendasikan agar mereka beralih ke Mobil Vactra Oil No. 2 untuk pelumasan slideway mesin CNC mereka. Produk ini adalah pelumas slideway yang direkomendasikan untuk slideway horizontal pada mesin perkakas berukuran kecil hingga sedang. Ini mengurangi kebocoran oli slideway ke dalam sistem cairan pemotongan, sehingga mencegah pembentukan bau yang kuat di bengkel produksi. Hal ini menciptakan lingkungan kerja yang lebih aman dan lebih baik bagi karyawan perusahaan. Sifat lekat mencegah hilangnya pelumas dari permukaan kritis. Karakteristik gesekan yang terkendali membantu menghilangkan stick slip, sehingga meningkatkan rasio kualifikasi produk dan produksi yang efektif dari output manufaktur mereka. Selain itu, oli ini memiliki sifat keterpisahan pendingin yang mengurangi rembesan oli slideway dan cairan pemotongan, meningkatkan masa pakai dan kinerja pelumas dan pendingin. Shenzhen Yihe Mould juga diberikan layanan pelengkap seperti pemeriksaan sistem peralatan, proposal cairan pemotongan dan seminar klinik untuk memastikan hasil yang optimal bagi perusahaan. Sejak melakukan transisi tersebut, perusahaan melihat konsumsi oli slideway berkurang 10 persen, yang pada gilirannya menyebabkan penurunan konsumsi cairan pemotongan sebanyak 12 persen per tahun. Rasio kualifikasi produk dari bagian dan mould punching press presisi mereka juga meningkat secara signifikan setelah peralihan itu. Secara keseluruhan, perusahaan berhasil menghemat hingga US$11.890 per tahun sejak beralih ke pelumas baru. Seri bernomor dari Mobil Vactra Oil adalah pelumas slideway berkualitas premium yang diformulasikan untuk menangani persyaratan akurasi, keterpisahan cairan pendingin, dan perlindungan peralatan mesin perkakas presisi. Sifat anti-korosinya mengurangi kerusakan permukaan geser dengan adanya air dan cairan pendingin selama produksi. Seri ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan ketat terhadap slideway, sehingga memberikan keuntungan tambahan perlindungan mesin.


AUGUST - SEPTEMBER 2016 â&#x20AC;˘ METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

Direct Investment) dengan nilai estimasi US$ 83 miliar pada tahun 2007. Sektor manufaktur merupakan pilar yang sangat penting bagi pertumbuhan dan transformasi ekonomi negara. Industri berperan sebagai saluran utama untuk pekerjaan di seluruh negeri dan simbol kemajuan dan daya saing internasional. Orang tidak dapat memisahkan gambaran jalur produksi dan pabrik-pabrik dari Tiongkok . T iong kok tel ah mengemb ang k an industri manufaktur yang komprehensif dan dioptimalkan dengan infrastruktur yang sangat baik dan tenaga kerja yang banyak dan sangat terampil untuk menjadi produsen terbesar di dunia. Oleh karena itu, penting bahwa sek tor ini tet ap makmur guna memas tikan kepemimpinan pasar Tiongkok dalam rantai pasokan global. Sek tor ini juga merupakan tulang punggung perekonomian negara dan penting bagi mereka untuk tetap terdepan dan terus meningkatkan diri ag ar berkont ribusi terhadap pertumbuhan PDB Tiongkok. Potensi Rintangan Saat ini, Tiongkok menghadapi tantangan baru di bidang manufaktur karena beberapa faktor. Pertumbuhan

Meningkatnya persaingan dari pabrik lebih murah di kawasan seperti Vietnam dan India serta pergerakan menuju otomatisasi juga memberikan kontribusi terhadap melambatnya pertumbuhan manufaktur di Tiongkok. ekonomi yang lambat, naiknya biaya bisnis dan rantai nilai yang lebih kompleks menyebabkan penurunan ekspor Tiongkok, yang membuat kita memper t any ak an apak ah neg ar a ini masih dapat memper tahankan posisinya sebagai pemimpin dalam proses produksi yang berbiaya rendah. Meningkatnya persaingan dari pabrik lebih murah di kawasan seperti Vietnam dan India serta pergerakan menuju otomatisasi juga memberikan kontribusi terhadap melambatnya pertumbuhan manufaktur di Tiongkok. Industri ini kehilangan momentumnya dengan cepat , mengalami penurunan paling tajam dalam enam tahun terakhir. Angka manufak tur purchasing managersâ&#x20AC;&#x2122; index (PMI) Caixin/Markit turun ke 47,3 pada Agustus 2015, yang terendah sejak Maret 2009 dan penurunan lanjutan dari 47,8 pada Juli 2015. Satu

poin di at a s 50 mengindika sikan adanya ekspansi aktivitas, sedangkan penurunan satu poin menunjukkan adanya kontraksi. Untuk mengatasi laju pertumbuhan yang lambat di sektor manufaktur, baru-baru ini Tiongkok menerapkan langkah-langkah baru untuk meningkatkan produk tivitas industri. Termasuk di dalamnya skema pemerintah melalui kebijakan, subsidi dan insentif untuk membujuk produsen agar bergerak ke arah manufak tur high-end. Produsen Tiongkok telah berusaha untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan mereka, dengan fokus yang berbeda pada kemampuan teknologi tinggi, demikian menurut The Economist. Industri Pemesinan Presisi Adanya peralihan menuju modernisasi kapasitas produk si dalam negeri, Adopsi teknologi dan inovasi ini telah menyebabkan ekonomi modern Tiongkok mengalihkan fokus mereka pada inovasi dan layanan teknologi tinggi, menjauh dari yang tadinya sangat bergantung pada metode padat karya yang low-end.

55


56 FEATURES

Dalam additive manufacturing (AM), perpaduan pembentukan bahan dengan bantuan laser dan pembubutan merupakan aspek yang sangat penting. DMG Mori menjanjikan “tingkat kebebasan tanpa batas” dalam hal konstruksi, presisi, dan kualitas permukaan dari perpaduan ini. Kontributor DMG Mori. Editorial

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris Got a Question? Make An Enquiry.

ENQUIRY NUMBER

4404 Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com

KAIT-MENGAIT Antara Teknologi

C

epat atau lambat, ketika komponen semakin kompleks dan individual, pros e s addi t i ve manu f ac tur ing dengan kebebasan geometri yang sangat tinggi dalam hal desain komponen, akan menjadi jalan keluar dari kerumitan. Namun, teknologi ini dipandang lambat, tidak akurat, dan mahal; sehingga menyulitkan masuknya teknologi ini ke pasar, terutama di sek tor pembubutan logam. Dari perspektif di atas, kombinasi pengelasan deposisi laser menggunakan nozel serbuk dipadu dengan pembubutan benar-benar membuka cakrawala baru. Di bidang addi t i ve manu f ac t ur ing , serbuk dilelehkan menjadi bahan dasar oleh sinar laser. Tidak seper ti prosespro s e s b er b a sis l a s er l ainny a , dal am a d di t i v e m an u f a c t ur in g , p r o s e s y an g a d a m e n g ik u t i p r in s ip l ap i s an , y ak ni komponen dibangun lapis demi lapis dari bahan serbuk.

“Kami juga membentuk dari lapis ke l api s , han y a s aja k ami m e n g g unak an s e r b u k k e t i k a m e m a n g d i p e r l u k a n ”, ungkap Friedemann Lell, sales manager Sauer GmbH, menegaskan betapa jumlah serbuk yang digunakan jauh lebih rendah. Keunggulan lainnya adalah pembentukan bahan yang sepuluh kali lebih cepat, ser ta kemudahan integrasi ke dal am me sin per k ak a s y ang sudah ada. “Ini memungkinkan perpaduan additive manufac turing dan machining manuf ac turing dalam s atu penyiapan, sehingga kami dapat menawarkan aspek terbaik dari keduanya kepada pelanggan.” Dikatakan aspek terbaik dari keduanya karena additive manufac turing sendiri memiliki keterbatasan dalam hal ke c e p a t a n , ke a k u r a t a n , d a n k u a l i t a s permukaan. Namun hal ini dapat ditutup oleh kemampuan 5-axis machining yang sudah terbuk ti. Kombinasi additive


AUGUST - SEPTEMBER 2016 • METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

Integrasi teknologi yang diciptakan oleh DMG Mori: Pengelasan deposisi laser dan 5-axis milling dipadukan secara cerdas sehingga dihasilkan permukaan terbaik dan presisi komponen yang sempurna.

manu f ac t ur in g dan p embubu t an menawarkan kebebasan geometri, sement ara pembubut an sendiri menjamin kecermatan dan kualitas ko m p o n e n . P e n g h e m a t a n w a k t u juga terasa karena tidak ada lagi produksi berurutan yang memerlukan pergantian mesin. D al am pr ak t ik ny a , kombina si kedua teknologi ini memungkinkan k o m p l e k s i t a s y a n g b e n a r- b e n a r baru. Friedemann mengambil contoh elemen geometri bebas pada turbin dan konstruksi mesin ser ta pada s alur an pending in inter nal molding injek si: “Dal am kon tek s manufak tur sekuensial, kita tidak mungkin menjangkau banyak area kontur dengan alat turning, milling, at au grinding setelah additive manufacturing.” Dalam analisis akhir, setiap komponen dapat dibangun terlebih dahulu dalam keting gian tertentu, baru kemudian dilakukan pembubut an pada area ter tentu. “Komponen berukuran besar

Lasertec 65 3D yang desain dasarnya mirip dengan mesin 5-axis klasik untuk milling berpresisi tinggi dengan pembubutan simultan hingga 5-axis.

utamanya dapat dibuat secara hemat melalui metode ini.” Jadi kait-mengait ant ara teknologi menghasilkan komponen kerja berbentuk bebas yang memiliki permukaan berpresisi dan bermutu tinggi. Maju dalam Additive Manufacturing DMG Mori menawarkan pembubutan hibrid dalam bentuk Lasertec 65 3D yang desain dasarnya mirip mesin

5-axis klasik untuk milling berpresisi tinggi dengan pembubutan simultan hing ga 5-a xis . Untuk keperluan additive manufac turing , mesin ini telah dilengkapi dengan laser diode 2, 5. Karena itu mesin ini cocok untuk produk si komponen yang seluruhnya hibrid, juga untuk peker jaan per baik an , pener apan lapisan total atau sebagian, ser ta pembuatan alat dan molding.

57


58

METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA • AUGUST - SEPTEMBER 2016

CAD / CAM hibrid - modul untuk laser dan proses milling: solusi terpadu pembentukan aditif dan pembubutan subtraktif untuk konstruksi, pemrograman, dan pembubutan.

Mulai 2016, perusahaan mengembangkan program additive manufacturing dengan menambahkan Lasertec 4300 3D. Mesin hibrid kedua ini memungkinkan penambahan operasi turning dalam pengelasan deposisi laser dan 5-a xis milling, sehingga komponen simetris putar kini juga dapat dibuat dengan proses hibrid. Karena dilengkapi C-axis yang dicerminkan, komponen kerja juga dapat dibubut di bagian belakang dengan counter-spindle, sehing ga memungkinkan pembubutan komponen jadi di 6 sisi. Komponen kerja yang panjang tidak menjadi masalah, karena turet alat bawah akan menopang komponen selama pembubutan. Di kedua mesin, laser (termasuk head aplikator serbuk) dipasang di penahan alat HSK spindel milling, dan dapat diganti-ganti secara otomatis bila perlu. Fitur istimewa lain yang dimiliki mesin ini adalah terdapat lima head deposisi serbuk untuk berbagai operasi – misalnya untuk

Ekspektasi produsen mesin perkakas dan pelanggan terjawab karena sekarang DMG Mori telah memasang sejumlah mesin Lasertec 65 3D di pasaran. pelapisan dalam atau luar komponen silindris. Dengan demikian, strategi manufaktur bisa lebih bebas lagi. Ek spek tasi produsen mesin perkakas dan pelang gan terjawab k arena sek ar ang DMG Mori telah memasang sejumlah mesin Lasertec 65 3D di pasaran. Namun, Friedemann belum melihat additive manufacturing menjadi proses baku. Menurutnya, “Itu akan menimbulkan ek spek t a si y ang kelir u . Addi t i ve m anu f a c t ur in g , t e r u t a m a d a l a m pembubut an logam, merupakan suatu proses rumit, yang bergantung pada kait-mengait yang sempurna antara mesin, bahan, dan proses.” Artinya, semua parameter proses harus diperbarui untuk setiap bahan. “Kami memberikan dukungan intensif kepada pelang g an dalam hal ini, dan kami juga bekerja sama erat

dengan institusi penelitian di bidang pengembangan bahan dan proses.” Te r d o r o n g o l e h b e r b a g a i kemungkinan yang ditawarkan proses ini dan melihat contoh-contoh keberhasilan yang mengagumkan, terut ama di bidang kons truk si pesawat dan teknologi medis saat ini, additive manufacturing menjadi salah satu teknologi masa depan di sektor pembubutan logam. Ini tidak berlebihan, terutama melihat digitalisasi proses di era Industry 4.0 dan tren menuju produkproduk yang individual. Friedemann mengatakan, “Siapa pun yang ingin membuat produk jadi langsung dari data CAD memerlukan additive manufacturing. Dan jika dituntut juga kualitas permukaan yang berpresisi dan bermutu tinggi, maka mesin hibrid kami adalah jawabannya.”


For Forfurther furtherinformation informationplease pleasecontact contactthe theoffice officeclosest closesttotoyou: you: Maysia Maysia Stephanie Stephanie PTPT Pamerindo Pamerindo Indonesia Indonesia Jakarta Jakarta T: +62 T: +62 2121 2525 2525 320 320 F: +62 F: +62 2121 2525 2525 482 482 / 522 / 522 9268 9268 E: maysia@pamerindo.com E: maysia@pamerindo.com W:W: www.pamerindo.com www.pamerindo.com

Association Association of of Metalworked Metalworked and Machinery and Machinery

Carolyn Carolyn Lee Lee International International Expo Expo Management Management PtePte LtdLtd Singapore Singapore T: +65 T: +65 6233 6233 6777 6777 F: +65 F: +65 6233 6233 6768 6768 E: carolyn@iemallworld.com E: carolyn@iemallworld.com

Indonesia Indonesia Precision Precision Tooling Tooling IndustryIndustry Association Association

Indonesian Indonesian Automotive Automotive Parts & Parts & Componenst Componenst Industries Industries Association Association

Leonie Leonie Brooker Brooker Overseas Overseas Exhibition Exhibition Services Services LtdLtd London London T: +44 T: +44 2020 7840 7840 2134 2134 F: +44 F: +44 2020 7840 7840 2111 2111 E: lbrooker@oesallworld.com E: lbrooker@oesallworld.com www.allworldexhibitions.com www.allworldexhibitions.com

Indonesian Indonesian MachineMachine Tool Industries Tool Industries Association Association

Indonesian Indonesian Mould &Mould Dies & Dies IndustryIndustry Association Association

Indonesian Indonesian FoundryFoundry Industries Industries Association Association

Federation Federation of Indonesia of Indonesia Metalworks Metalworks & & Machinery Machinery Industries Industries Association Association

ENQUIRY NO 027


60 EVENTS & EXHIBITIONS

DATANGNYA

METALEX-PANSION

2016 akan menjadi tahun saksi pengembangan pameran Metalex di Thailand setelah ekspansi di BITEC rampung. Syed Shah melaporkan dari Thailand.

D

Editorial

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris Got a Question? Make An Enquiry.

ENQUIRY NUMBER

4501

Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com

i Metalex edisi 2015, panitia Reed Tradex Company menyatakan bahwa acara ini siap menjawab permintaan pengembangan di edisi 2016, yakni dari enam menjadi sembilan ruang. Pameran tahun depan akan menambah area s ebe s ar 4 0 per s en at au menjadi 64.000 meter persegi dari sebelumnya 46.000 meter persegi, dengan menempati area baru y ang k ini sedang dibang un, yang diharapkan dapat menarik 100.000 pengunjung lebih. Selaku panitia, Reed Tradex menyatakan hal ini berkaitan erat dengan pertumbuhan ekonomi dan investasi di kawasan meski beberapa belahan dunia mengalami penurunan. Semakin luas ruangan, semakin besar pul a t ek anan un t uk meng isiny a . C he t Burchette, CEO Reed Tradex menunjukkan s ent imen opt imis terhadap ac ar a dan terhadap perindustrian Thailand. “Thailand adalah tempat tujuan industri pameran karena per tumbuhannya yang stabil sementara pasar lain seperti Eropa dan Tiongkok mengalami kelesuan,” ungkap Mr Burchette. “Tahun depan, nama acara ini akan diganti menjadi Grand Metalex 2016. Kabar bagusnya, 90 persen ruang pameran sudah dipesan,” imbuhnya.

Preecha Sananvatananont , rekan pendiri dan sekaligus direk tur Reed Tr a d e x , a n g g o t a R e e d E x h i b i t i o n s , mengatakan kunjungan CEO menunjukkan komitmen kuat perusahaan induk untuk mengupayakan Thailand sebagai pusat per tumbuhan kawasan Asean, utamanya setelah berlakunya Masyarakat Ekonomi Asean akhir tahun ini. M r R e e d Tr a d e x m e y a k i n i b a h w a kuncinya adalah membantu peser t a pameran memahami peran yang mereka maink an di dal am s ek tor pro duk si di ASEAN dan upaya mereka dalam membawa t e k n o lo g i-t e k n o lo g i t e r a t a s m e mil ik i dampak langsung terhadap pertumbuhan wilayah ini. Tanggapan Dari Bawah P enyeleng g ar a b oleh b er b ang g a a t a s capaian ini mengingat semester pertama 2015 sama sekali bukan saat yang menenang k an di neg ar a ini. Berhar ap atas tahun 2016, ia merasa segalanya akan perlahan membaik, baik dalam hal bisnis maupun politik. “Kendati ekonomi t ahun 2015 tidak begitu baik , kami berharap tahun 2016 ak an lebih menjanjik an . B ag i k ami di Thailand, pelanggan tidak pernah sepi, dan


AUGUST - SEPTEMBER 2016 • METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

Tahun ini nama acara akan diganti menjadi Grand Metalex 2016.

Pinaki Banerjee, managing director Hoffmann Asia Pacific/India.

Kontributor CP Chuah, GM, commercial operations Asia Pacific, Wenzel Asia.

kehadiran kami di acara ini penting karena kami memiliki mesin-mesin populer yang selalu mudah dijual. Jadi ini menegaskan bisnis kami di Thailand masih terus berkembang d a n b e r k e l a n j u t a n . Te n t u n y a , penelitian dan pengembangan terus berjalan untuk mengimbangi tren pasar saat ini. Namun melihat pa s ar A sia Teng g ar a y ang ma sih b e r adap t a s i t e r hadap ke majuan teknologi manufak tur, untuk saat ini produk yang kami t awarkan ma sih menc uk upi . Dan jik a (dan pada akhirnya) pasar sudah mapan, kami akan siap menghadapinya ,” ungkap CP Chuah, GM, commercial operations Asia Pacific, Wenzel Asia. Sementara situasi politik saat ini stabil, sentimen yang muncul adalah keyakinan bahwa bisnis ek spor ak an ber t ahan andaik at a neg ar a ini mundur kembali ke periode ketidakpastian yang tampak pada awal 2015. Di samping itu, terlepas dari melemahnya fak tor otomotif,

p er min t a an kendar a an dar i luar masih terbilang kuat. “Bahkan jika kita memiliki ma s alah di dalam negeri, bagian ek s p or t e t ap mening k a t . Ek s p or mobil pickup kami mencapai satu juta unit lebih. Saat ini, semua mobil itu masih memerlukan komponen pengganti sehingga kita akan perlu b any ak ek s p o r un t uk ko mp o n en p eng g an t i ter s ebu t ,” demik ian dikutip dari salah satu peserta. Pinaki Banerjee, managing dire c tor Ho f f mann A sia P aci f ic/ India memaparkan pandangannya terhadap pasar, bahwa tahun 2016 wilayah seperti Thailand, Vietnam, dan Indonesia akan menjadi pasar utama. Ia juga mengatakan, penting sekali ikut serta di pameran-pameran regional besar seperti Metalex Thailand. “Metalex Thailand adalah pameran y ang w ajib diik u t i o leh indu s t r i pengerjaan logam dan indus tri peralatan di kawasan, sehingga akan strategis sekali jika kami terus hadir

di pameran ini ke depan. Di Hoffmann, kami sangat teliti dalam mengelola c alon p el ang g an . S ang a t mudah mendapatkan calon pelang gan di suatu acara, namun tindak lanjut setelah itulah yang seringkali buruk – ini tentu membuang-buang waktu. Ta n g g a p a n y a n g k a m i p e r o l e h selama pameran sangat luar biasa. Tak heran, kami memperoleh calon pelanggan yang sangat banyak. Kami akan menjadikan ini peluang bisnis. Kami memiliki jajaran dan katalog peralatan yang mengesankan, karena itu akan s ang at sia-sia jika kami tidak bis a memanfaatkan produk yang memang sudah mengesankan. Komitmen pribadi s aya terhadap perusahaan adalah, saya ingin mencapai pertumbuhan tiga digit pada 2017, dan menurut saya platform untuk membantu Hoffmann Asia mencapai itu sudah tersedia.” M e n g in g a t p r o g n o s i s p o s i t i f, acara Metalex mendatang tampaknya ak an m em elop or i hal b ar u y ang menunjukkan kebutuhan pasar Asia Teng g ar a . Me sk ipun pamer an ini mungkin tidak menjadi tempat untuk melihat t ay ang an perdana dunia perangkat mesin paling kompleks, p a m e r a n in i m e r u p a k a n t e m p a t yang menunjukkan pengunjung apa yang mereka butuhkan. Kita lihat apa yang ditawarkan Grand Metalex 2016 dengan pengembanganpengembangannya, yang berlangsung 23 hingga 26 November 2016. Metalex Thailand BITEC 18 – 21 November

61


62 EVENTS & EXHIBITIONS

INDOMETAL 2016

Editorial

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris Got a Question? Make An Enquiry.

ENQUIRY NUMBER

4502

Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com

I

ndometal 2016 kembali sebagai platform bisnis strategis untuk sektor baja, aluminium, tembaga, kobalt, nikel dan sektor logam lainnya di Indonesia dan kawasan. Edisi ketiga dari acara dua tahun sekali ini akan dimeriahkan oleh lebih dari 300 nama terkemuka dari 30 negara yang memamerkan mesin, produk, bagian, dan komponen dalam acara tersebut. Paviliun nasional dan kelompok dari Italia, Indonesia, Tiongkok, dan Taiwan akan menata panggung dengan bendera dan

produk masing-masing di pameran. Ajang tahun ini akan menjadi debut perdana bagi Spanyol yang akan membawa mesin dan produk dari teknologi pengecoran, produk casting, hingga metalurgi dan teknologi proses thermal. Pameran perdagangan logam & baja internasional untuk A sia Teng gara ini diperkirakan akan dihadiri oleh 8.000 pengunjung perdagangan regional selama pameran yang berlangsung tiga hari. Sekitar 70 persen dari peserta pameran diperkirakan datang dari luar Indonesia, yang menjadi indikasi tren pasar di sektor pengecoran dan casting di Indonesia. Indonesian Iron and Steel Indus tr y Association (IISIA) mengungkapkan bahwa industri baja tahan karat di Indonesia akan tumbuh agresif selama lima sampai tujuh tahun ke depan. Permintaan dari proyekproyek infrastruktur skala besar, dari produksi energi hingga jaringan transportasi, akan menjadi pendorong utama pertumbuhan ini. Di pasar domestik Indonesia, industri pengolahan logam juga sedang menunjukkan pertumbuhan. Menurut data dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia, sebanyak 63 smelter rencananya akan dibangun pada 2017, termasuk 40 pabrik nikel, 10 smelter bijih besi dan empat smelter tembaga-katoda. Indometal tahun ini juga diisi dengan seminar yang diselenggarakan oleh Asosiasi Indus t ri Pengecoran Log am Indonesia (APLINDO), Himpunan Ahli Pengecoran Logam Indonesia (HAPLI), PT Wahana Kemalaniaga Makmur (WAKENI) dan Messe Düsseldorf Asia. Dengan tema “The Strengthening of the Metal Industry Supports the Success of Indonesia’s Infrastructure Development” (Penguatan Indus tri Logam Mendukung Keberhasilan Pembangunan Infrastruktur di Indonesia), seminar ini akan mendiskusikan dan mengek splor a si t ren bisnis y ang mempengaruhi industri logam di Indonesia pada masa kini dan masa depan. Penyelenggara bersama Messe Düsseldorf Asia dan WAKENI mengatakan dalam siaran pers, bahwa untuk perusahaan yang dalam jangka waktu menengah dan jangka panjang berencana berbisnis di Indonesia dan Asia Tenggara, Indometal akan membuka jalan bagi peluang dan eksposur bisnis, melalui ajang khusus perdagangan yang terpusat. Indometal 2016 Jakarta International Expo Indonesia October 25 – 27, 2016


Increased amount of thought content to help you drive your business.

60 50 50 %

increase in page views compared to highest number of page viewership in Q3 2015

increase in page views since January 2016

%

increase of page per session since 2015

www.equipment-news.com

%


64 PRODUCT FINDER

Ini diterjemahkan dari bahasa inggris

Artesyn Embedded Technologies: vATCA-7490 Server Blade

ATCA-7490 dirancang untuk tugas-tugas sarat komputasi seperti Deep Packet Inspection (DPI), firewall, pencegahan intrusi, dan enkripsi/dekripsi data. Penyeimbangan beban dan fungsi pemfilteran on-board, mesin kriptografi yang diakselerasi perangkat keras, dan CPU server bertenaga dipadu dengan beberapa antarmuka switch Ethernet 10/40/100G menghasilkan mesin pemrosesan Line-Rate. Mesin ini terdiri dari dua prosesor Intel Xeon dengan 40 CPU core per board. Jalur data ke memori utama dan I/O dioptimalkan dengan DDR4 dan protokol PCIe Gen 3. Kapasitas memori dapat disesuaikan hingga 512 GB. Memadukan sistem operasi sumber terbuka seperti Red Hat Enterprise Linux atau CentOS, dengan OpenStack, sumber daya ATCA-7490 dapat diakses dan dibagikan di lingkungan cloud.

ENQUIRY NUMBER

4601

DMG Mori: Mesin Milling 3D Lasertec 65

Agar dapat diaplikasikan pada manufaktur generatif, mesin milling 3D Lasertec 65 dari DMG Mori dilengkapi dengan laser diode 2 kW untuk metode pengelasan deposisi laser. Mekanisme five-axisnya menggunakan desain monoblock sehingga stabil untuk milling presisi. Berbeda dengan peleburan laser dalam powder bed, metode pengelasan deposisi laser yang diterapkan mesin ini memungkinkan pembuatan komponen besar dengan menggunakan nozzle serbuk logam. Dengan laju deposisi hingga 1 kg per jam, proses ini berlangsung 10 kali lebih cepat dibanding pemicuan laser komponen pada powder bed.

ENQUIRY NUMBER

4603

Behringer: Mesin Gergaji Pita HBP410-923G

Mesin gergaji pita HBP410-923G dari Behringer dirancang untuk memotong baja petak dan bahan logam padat, termasuk plastik yang sebanding. Cocok untuk berbagai macam jenis penggergajian, mesin ini memiliki jangkauan potong 410 mm pada bahan bundar dan 700 x 400 mm (900 x 400 mm) pada stock datar, serta sudutan (miter) dua sisi dari 45 derajat di sisi kanan hingga 30 derajat di sisi kiri. Unit ini dapat diputar ke posisi yang dikehendaki dengan rotasi mudah. Titik putarnya berada di perpotongan antara bilah gergaji pita dan tepi kontak bahan, sehingga garis acuan pengukuran tetap konstan. Sistem pemandu frame gergaji dua kolomnya mampu meredam getaran secara efektifâ&#x20AC;&#x201D;cocok untuk memotong bahan yang irisan melintangnya berbeda jauh. Mesin ini juga dilengkapi penyesuai ketinggian frame gergaji otomatis yang didasarkan pada ketinggian bahan. Gergaji juga bisa direndahkan secara cepat.

ENQUIRY NUMBER

4602

Faro: Pemindai Laser 3D Focus3D X 130/330 HDR

Pemindai laser 3D terbaru dari Faro menerapkan fotografi High Dynamic Range (HDR) sehingga menghasilkan gambar detail dalam kondisi terang maupun gelap, serta resolusi warna hingga 170 megapiksel per pemindaian. Jika gambar digital biasa memiliki kisaran kontras 255-banding-1, pemindai laser terbaru dari FARO ini mampu menangkap kecerahan hingga 4 miliar-banding-1. Untuk lebih memaksimalkan kemampuan pemindai lasernya, Faro juga meluncurkan perangkat lunak Faro Scene versi 6. Perangkat lunak ini menyediakan teknologi rendering permukaan padat yang tidak lagi memerlukan pemrosesan data dalam aplikasi visualisasi.

ENQUIRY NUMBER

4604


AUGUST - SEPTEMBER 2016 • METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

Holroyd: Mesin Milling Rotor CNC 8EX

Menjadi bagian dari seri EX dari Holroyd, mesin milling 8EX mampu menangani profil berdiameter 850 mm. Seri ini dirancang untuk memaksimalkan kecepatan permukaan seper ti yang dibutuhkan oleh teknologi pemotong an terk ini. Mesin E X jug a memotong ulir berkedalaman penuh dengan menggerakkan alat pemotong melintasi bahan pada sudut helikal yang tepat, sambil memutar komponen di sumbu C . Sinkronisasi akurat antarsumbu dikendalikan melalui CNC, dengan teknologi penggerak digital yang mengontrol seluruh pergerakan sumbu. Mayoritas panas yang timbul dialihkan ke chip halus, sehingga kepala pemotong dapat menyingkirkan banyak bahan dalam sekali langkah.

ENQUIRY NUMBER

4605

Nord Drivesystems: Unit Roda Gigi Industri dengan Torsi Keluaran Mencapai 190 kNm

Nord Drivesystems menambah jajaran unit roda gigi industrinya dengan ukuran baru yang memiliki torsi keluaran mencapai 190 kNm. Seri ini sekarang memiliki sembilan ukuran, dengan kisaran torsi 25 hingga 250 kNm. Dibandingkan dengan casing yang terbuat dari gabungan beberapa potongan, housing utuh bernama Unicase membuat umur pakai bantalan lebih panjang, transmisi daya lebih efisien, dan toleransi terhadap puncak dan sentakan beban lebih tinggi. Produk ini dapat dirakit dalam bentuk kotak roda gigi kerucut heliks atau in-line heliks dua stage/tiga stage dengan rasio transmisi nominal dari 7,1:1 hingga 400:1, atau bahkan hingga 30.000:1 jika menggunakan stage primer bantu. Arah input dan outputnya juga bisa dipilih secara bebas.

ENQUIRY NUMBER

4606

Renishaw: Perangkat Pemodelan 3D FixtureBuilder

FixtureBuilder adalah paket perangkat lunak pemodelan 3D yang dirancang untuk membuat dan mendokumentasikan penyiapan fixture secara offline. Perangkat lunak yang mudah digunakan ini menawarkan pustaka komponen yang tersusun rapi, fungsi “drag-and-drop” yang cerdas, manipulasi komponen secara cepat, dan mekanisme batasan yang memudahkan pengguna. Kemudahan ini juga karena perangkat lunak sepenuhnya kompatibel dengan CAD dan menyediakan pustaka bebas. Fitur utama yang patut menjadi sorotan adalah fungsi “Build it” yang mengotomatiskan pembuatan instruksi kerja dan Bill of Materials (BOM) untuk setiap penyiapan fixture, sehingga hasil akan dipastikan sesuai standar kualitas, juga mempermudah pemesanan produk.

ENQUIRY NUMBER

4607

SUPPORTED TRUSTED ACCEPTED by the biggest names in metalworking www.equipment-news.com

65


66

METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA â&#x20AC;˘ AUGUST - SEPTEMBER 2016

Rofin: Workstation Laser CombiLine Basic

Work s t ation la ser CombiLine Basic dari Ro f in m e n a w ar k an s olusi tek nis untuk penandaan laser. Workstation mandiri ini dilengkapi dengan ruang kerja, penanda terintegrasi, dan teknologi operasi pintar. Pintu bermotor memudahkan akses ke ruang yang lapang, sementara z-axis yang juga bermotor mampu mengatur posisi kepala penanda agar sesuai dengan berbagai ketinggian komponen kerja. Semua komponen dikendalikan oleh sebuah sistem komputer terpadu yang dapat dioperasikan melalui layar sentuh 15 inci. Tata letak penandaan yang sederhana maupun kompleks sama-sama dapat ditangani dengan Visual Laser Marker, perangkat lunak penandaan laser dari Rofin. Perangkat lunak ini antara lain mendukung kode matriks, kode batang, dan nomor seri.

ENQUIRY NUMBER

4608

Schaeffler: Aktuator Teleskopik MTKUSE

Schaeffler mengembangkan aktuator tele skopik MTKUSE untuk sumbu sekunder seperti pada aplikasi pickand-place atau untuk pemindahan alat. Tiga unit bantalan peluru linear presisi dan ulir pemandu disusun bertumpukan, sehingga memungkinkan jarak lintasan dua kali lipat dibanding aktuator dasar. Unit linear dapat diperpanjang ke kedua arah. Motor servo bergerigi dipasang di bagian luar profil aluminium, dan menggerakkan aktuator melalui penggerak batang-gigi dan pinion. Motor servo dari produsen lain, kotak roda-gigi planet presisi berkelonggaran rendah, switch akhir, dan sistem pengukur jarak juga bisa dipasang sesuai permintaan.

ENQUIRY NUMBER

4610

Seco: End-Mill karbida solid Jabro-HFM JHF980

S eco memper lua s jang k auan aplikasi pembubutan berpengumpanan ting gi yang dimiliki end-mill karbida solid Jabro-HFM JHF980 dengan opsi baru yakni 4-flute dan 5-flute. Pembubutan berpengumpanan tinggi memadukan kedangkalan pemotongan aksial dengan laju pengumpanan meja yang lebih cepat, sehingga dihasilkan laju penyisihan logam yang lebih cepat . Selain itu, gaya pemotongan diarahkan secara aksial ke dalam spindel, sehingga operasi berlangsung stabil, getaran minim, dan keausan pada mesin perkakas pun berkurang. End-mill ini juga menggunakan kelas karbida ultrahalus serta pelapis TiAlN lapis tunggal, yang melindungi pemotong dan mengalihkan panas ke dalam chip. Pelapis ini membantu menurunkan biaya operasional karena tidak memerlukan pendingin ketika suhu tinggi. Diameter pemotongan untuk seri JHF980 4-flute ini berkisar dari 2 mm hingga 6 mm, sementara versi yang 5-flute berkisar dari 8 mm hingga 12 mm. Keduanya tersedia dalam ukuran panjang 1,5xD, 5xD, dan 7xD.

ENQUIRY NUMBER

4609

ZWSoft: Penampil CAD 3D CADbro

CADbro dapat menangani lebih dari 20 format CAD 3D utama dan format netral, antara lain Catia, NX, Creo/ProE, SolidWorks, dan Parasolid, sehingga pengguna dapat dengan mudah mengakses dan berinteraksi dengan data CAD tanpa perlu lisensi mahal. Selain itu, penampil ini juga menyediakan perintah pintar untuk mendeteksi tepi-tepi terbuka, dan melakukan perbaikan cepat jika diperlukan. Penampil ini dilengkapi fungsi anotasi 3D, sehingga pengguna rutin dapat menambahkan dimensi, toleransi, simbol, atau teks langsung ke model 3D. Dibekali dengan berbagai alat kueri dan analisis, perangkat lunak ini dapat digunakan untuk mengukur, memperkirakan, dan mengutip secara akurat, serta untuk memastikan bisa tidaknya suatu struktur dan unit produk diproduksi. CADbro juga menyertakan teknologi pengeditan yang fleksibel seperti Direct Edit, Curve Creating dan Shape/Part Transfer, sehingga pengguna dapat mengutak-atik model CAD 3D.

ENQUIRY NUMBER

4611


AUGUST - SEPTEMBER 2016 • METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA EXHIBITION

PROGRAMMES 67

2016

SEPTEMBER 22 – 24 Manufacturing Myanmar 2016

Myanmar Event Park

Shin Saw Pu Rd, Yangon, Myanmar Singapore Exhibition Services

NOVEMBER 30 – DECEMBER 3

Manufacturing Indonesia 2016

Jakarta International Expo (JIExpo)

Gedung Pusat Niaga Lt. 1 Arena PRJ Kemayoran Jakarta 10620 Indonesia PT Pamerindo Indonesia

OCTOBER 6–8

2017

Saigon Exhibition & Convention Center (SECC)

MARCH 7 – 12

Metalex Vietnam 2016

799 Nguyen Van Linh Parkway, District 7, Ho Chi Minh City, Vietnam Reed Tradex

25 – 27

Indometal 2016

Jakarta International Expo (JIExpo)

Gedung Pusat Niaga Lt. 1 Arena PRJ Kemayoran Jakarta 10620 Indonesia Messe Dusseldorf Asia

25 – 29

Euro Blech 2016

Deutsche Messe Hannover Messegelände D-30521 Hannover Germany Mack-Brooks Exhibitions Ltd

NOVEMBER 23 – 26 Metalex Thailand 2016

Bangkok International Trade & Exhibition Centre (BITEC) 88 Bangna-Trad Road (Km.1), Bangna, Bangkok 10260 Thailand Reed Tradex

TIMTOS 2017

Taipei World Trade Center (TWTC) 5, Hsin-yi Rd, Section 5 Taipei, Taiwan TAITRA (Taiwan External Trade Development Council)

MARCH 29 – APRIL 1

INAPA JAKARTA 2017

Jakarta International Expo (JIExpo)

Gedung Pusat Niaga Lt. 1 Arena PRJ Kemayoran Jakarta 10620 Indonesia PT. Global Expo Management (GEM Indonesia)

APRIL 4–7

MTA 2017

Singapore Expo

1 Expo Drive, 486150 Singapore Singapore Exhibition Services Pte Ltd

MAY 17 – 19

INATRONICS 2017

Jakarta International Expo (JIExpo)

Gedung Pusat Niaga Lt. 1 Arena PRJ Kemayoran Jakarta 10620 Indonesia PT. Global Expo Management (GEM Indonesia)


68 ADVERTISING INDEX METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA • AUGUST - SEPTEMBER 2016

ADVERTISER

OKUMA CORPORATION

PAGE NO

ENQ NO

IBC

023

Be Heard Be Seen Be Reached

OPTICAL GAGING (S) PTE LTD

PT DMG MORI SEIKI INDONESIA

01

021

02/03

025

www.equipment-news.com PT PAMERINDO INDONESIA (MANUFACTURING INDONESIA 2016)

59

027

REED TRADEX COMPANY (METALEX THAILAND 2016)

07

024

HEAD ADVERTISING SALES OFFICE EASTERN TRADE MEDIA PTE LTD

TAIWAN HAND TOOL MANUFACTURERS’ ASSOCIATION

TRUMPF PTE LTD

ZOLLER SINGAPORE PTE LTD

05

BC

IFC

022

026

015

Manufacturers and advertisers that are featured in this issue will send you free information about their products and services. Fill up the Product Enquiry Form on-line at www.equipment-news.com.

12 Hoy Fatt Road #03-01 Bryton House Singapore 159506 Tel: (65) 6379 2888 Fax: (65) 6379 2885 E-mail: apmen@epl.com.sg

This index is provided as an additional service. The publisher does not assume any liability for errors or omissions. The closing date for placing advertisements is not less than FOUR WEEKS before the date of publication. Please contact our nearest advertising office for more details.


www.equipment-news.com MASUKKAN NOMOR PERTANYAAN PRODUK DI SINI UNTUK INFORMASI CEPAT! PENDAFTARAN NO. PEMBACA ANDA:__________ Tanyalah online@www.equipment-news.com ATAU Lengkapi dan pos ke: Eastern Trade Media Pte Ltd, 12 Hoy Fatt Road, #03-01 Bryton House, Singapore 159506 atau Fax: 65-6379 2885 (Singapore) Kepada: Manajer, Departemen Sirkulasi,

No. 4 2016

Dari (Nama Keluarga)_____________________________ (Nama Diberi)______________________________ Jabatan Petugas:__________________________________ Perusahaan:_____________________________________ Alamat:________________________________________ _____________________________________________

Apakah anda ingin menerima (terus menerima) Metalworking Equipment News Indonesia? ❑ YA / ❑ TIDAK (tidak sah tanpa tandatangan) Tandatangan_________________ Tarikh________________

Negara: _________________ Tel: ______________ Fax: ________________Email: ______________________

MASUKKAN NOMOR PERTANYAAN (Lihat Indeks Periklanan untuk nomor pertanyaan Pengiklan)

Perhatikan: Formulir ini harus dilengkapi dan ditandatangani.______ JENIS PRODUK YANG AKAN DIBELI DALAM 12 BULAN MENDATANG ❍ Alat Potong ❍ Alat Mesin ❍ Software

❍ Metrologi

❍ Lainnya_____________

JENIS USAHA (Silahkan ✔ SATU kotak saja) Apakah anda menggunakan LOGAM dalam produksi / manufaktur proses anda? Apakah anda menggunakan peralatan mesin dan peralatan terkait? Apakah anda menggunakan sistem otomatisasi & peralatan?

❑ Ya  ❑ Ya  ❑ Ya 

❑ Tidak ❑ Tidak ❑ Tidak

PROSES LOGAM ANDA MENGGUNAKAN? (Harap spesifik) ❑ 300 ❑ 303 ❑ 306 ❑ 309 ❑ 315 ❑ 318

❑ 321 ❑ 324 ❑ 301 ❑ 304 ❑ 307 ❑ 310

CNC Machining Milling Gear Cutting Grinding Stamping Shearing

EDM/ECM Inspection/Measuring/Testing Design with CAD/CAM Drilling/Boring Tapping/Threading Lapping/Honing

❑ 313 ❑ 316 ❑ 319 ❑ 322 ❑ 302 ❑ 305

Forging Rolling Die Casting Welding Turning Coil Forming

❑ 308 ❑ 311 ❑ 314 ❑ 317 ❑ 320 ❑ 323

Broaching Plastic Moulding Pressworking Automated Assembly Beading Electroplating

❑ 350 LAINNYA (Harap sebutkan)__________________________________________________________________________________________

KEGIATAN USAHA ANDA (Harap spesifik) ❑ 221 ❑ 150 ❑ 222 ❑ 120 ❑ 223 ❑ 122 ❑ 123

Basic Metal/Foundaries/Mills Electrical & Electronics production Telecommunications Equipment Manufacturing Aircraft maintenance/components mfg. Dies & Moulds mfg. Motor Vehicles Parts Shipbuilding

❑ 160 ❑ 180 ❑ 200 ❑ 224 ❑ 078

Design & Consultancy Services Govt bodies, Trade Assns, Exhibitions Cos. Agent/Distributor/Trader of Machine Tools & Accessories Mechanical, Fabrication and all other metal engineering works LAINNYA (Harap sebutkan)_______________________________

FUNGSI TUGAS (Harap spesifik) ❑ 021 Manajemen Senior & Tengah ❑ 023 Rekayasa Pemeliharaan ❑ 025 Penelitian & Pengembangan

❑ 028 Pengujian & Pemeriksaan ❑ 022 Rekayasa Produksi ❑ 024 Kontrol Kualitas / Jaminan ❑ 030 Penjualan & Pemasaran ❑ 027 LAINNYA (Harap sebutkan)

❑ 026 Rekayasa Desain ❑ 029 Pembelian / Alih daya

SAIZ PERUSAHAAN ❑ 001 1 – 10

❑ 002 11 – 30

❑ 003 31 – 50

❑ 004 51 – 100

❑ 005 101+


www.equipment-news.com SALINAN PRIBADI FORMULIR PEMESANAN CEPAT

Dari (Nama Keluarga)________________________________ (Nama Diberi)_________________________ Perusahaan: ________________________________________ Jabatan Petugas:_________________________ Alamat:__________________________________________________________________________________ Negara: __________________________________________ Nomor Telepon: ________________________ E-mail:____________________________________________ Fax No:______________________________ Tandatangan _______________________________________

Tarikh________________________________

HARGA PEMESANAN

Mulai Dari:

Airmail (1 TAHUN - ENAM ISU)

■ US$97.00 ■ Cek / Bank Draft - dibayarkan kepada

Eastern Trade Media Pte Ltd ■ Telegraphic Transfer Payment USD Bank: United Overseas Bank Limited, Singapore Swift Code: UOVBSGSG A/C Name: EASTERN TRADE MEDIA PTE LTD A/C No: 451-903-681-3 Branch Code: 001 Bank Code: 7375 Bank Address: 80 Raffles Place, UOB Plaza 1 Singapore 048624

SGD / EURO Bank: UOB MARINA SQUARE Swift Code: UOVBSGSG A/C Name: EASTERN TRADE MEDIA PTE LTD A/C No : 921-343-851-0 Branch Code: 037 Bank Code: 7375 Bank Address: 6 Raffles Boulevard #01-210/211 Marina Square S(039594)

• Receipt hanya akan dikeluarkan atas permintaan!

■ Amex

■ Visa

Tahun

Bulan

■ Mastercard

Nama pemegang kad Nomor Akun

ID Keamanan –

Tanggal kedaluwarsa Tandatangan

JENIS USAHA (Silahkan ✔ SATU kotak saja)

Apakah anda menggunakan LOGAM dalam produksi / manufaktur proses anda? Apakah anda menggunakan peralatan mesin dan peralatan terkait? Apakah anda menggunakan sistem otomatisasi & peralatan?

❑ Ya  ❑  Ya  ❑  Ya 

❑ Tidak ❑ Tidak ❑ Tidak

PROSES LOGAM ANDA MENGGUNAKAN? (Harap spesifik) ❑ 300 ❑ 303 ❑ 306 ❑ 309 ❑ 315 ❑ 318

CNC Machining Milling Gear Cutting Grinding Stamping Shearing

❑ 321 ❑ 324 ❑ 301 ❑ 304 ❑ 307 ❑ 310

EDM/ECM Inspection/Measuring/Testing Design with CAD/CAM Drilling/Boring Tapping/Threading Lapping/Honing

❑ 313 ❑ 316 ❑ 319 ❑ 322 ❑ 302 ❑ 305

Forging Rolling Die Casting Welding Turning Coil Forming

❑ 308 ❑ 311 ❑ 314 ❑ 317 ❑ 320 ❑ 323

Broaching Plastic Moulding Pressworking Automated Assembly Beading Electroplating

❑ 350 LAINNYA (Harap sebutkan)

KEGIATAN USAHA ANDA (Harap spesifik) ❑ 221 ❑ 150 ❑ 222 ❑ 120 ❑ 223 ❑ 122

Basic Metal/Foundaries/Mills Electrical & Electronics production Telecommunications Equipment Manufacturing Aircraft maintenance/components mfg. Dies & Moulds mfg. Motor Vehicles Parts

❑ 123 ❑ 160 ❑ 180 ❑ 200 ❑ 224 ❑ 078

Shipbuilding Design & Consultancy Services Govt bodies, Trade Assns, Exhibitions Cos. Agent/Distributor/Trader of Machine Tools & Accessories Mechanical, Fabrication and all other metal engineering works LAINNYA (Harap sebutkan)_______________________________

FUNGSI TUGAS (Harap spesifik) ❑ 021 Manajemen Senior & Tengah ❑ 023 Rekayasa Pemeliharaan ❑ 025 Penelitian & Pengembangan

❑ 028 Testing & Inspection ❑ 022 Rekayasa Produksi ❑ 030 Penjualan & Pemasaran ❑ 024 Kontrol Kualitas / Jaminan ❑ 027 LAINNYA (Harap sebutkan)

Kirim FORMULIR PEMESANAN ini kepada Departemen Sirkulasi Cepat, Eastern Trade Media Pte Ltd 12 Hoy Fatt Road, #03-01 Bryton House, Singapore 159506 atau Fax: (65) 6379 2885 Perhatikan: Formulir ini harus dilengkapi dan ditandatangani.

❑ 026 Rekayasa Desain ❑ 029 Pembelian / Alih daya


ENQUIRY NO 023


The speedster for tube processing. The TruLaser Tube 5000 fiber with RapidCut. Announcing the world’s fastest laser tube cutting machine: Take advantage of the solid-state laser’s dynamic feed rates even when working with small contours – thanks to the RapidCut feature. Fully automated functionality and an accessible design that allows for easy manual loading of individual tubes. When will you take the speedster for a test drive? www.sg.trumpf.com ENQUIRY NO 026

M.E.N. Indo August - September 2016  

Metalworking Equipment News Indonesia

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you