Page 1

MENGENAL

MANUFAKTUR KONTRAK

PEMESINAN KOMPONEN MEDIS: UNGGUL DENGAN MESIN BUBUT SWISS

April - May 2016

Menemukan

PERTUMBUHAN

STRATEGIS dalam Presisi

AYO

MENGGERINDA

Memimpin

MANUFAKTUR

MASA DEPAN


Welcome to our exhibition booths:

MTA HANOI 26th April at ICE

SEMICON (SEA) 26th April at Penang

AUTOMEX 2016

25th May at Kuala Lumpur

SmartScope ZIP 250 APAKAH komponen Anda memerlukan kendali mutu tinggi agar dapat menghasilkan pengukuran akurat? Simak teknologi multisensor pada OGP SmartScope. OGP SmartScope Multisensor Metrology memiliki kemampuan multisensor yang unik – dengan Vision, Laser, Touch-probe dan Micro-probe dalam satu penyiapan saja. Seluruh sensor dan probe dikalibrasi menurut sumbu XYZ, sehingga semakin mempertinggi keakuratan pengukuran GD&T (dimensi & toleransi geometri). Dengan berbekal perangkat lunak metrologi 3D yang ampuh, visualisasi grafis dan data numerik dapat diselesaikan dalam hitungan detik. Benchtop SmartScope ZIP 250 memiliki jangkauan sumbu XYZ hingga 300x150x250mm serta menggunakan lensa zoom 7:1 AccuCentric berkualitas tinggi, dengan performa optik yang unggul di seluruh jajaran.

Menghemat

Waktu dan

Biaya ShapeGrabber® Ai310

Multisensor Metrology

Apakah Anda harus mengukur komponen kompleks dalam proses produksi? ShapeGrabber® 3D Laser Scanner, sistem pemindai laser yang ideal, mampu mengukur komponen kompleks yang menitikberatkan aspek kecepatan dan keakuratan. Lasernya yang akurat dan cepat mampu membaca setiap fitur objek dan menerjemahkannya ke dalam model tiga dimensi yang presisi. Pemeriksaan cacat, penguatan lebih lanjut, pengukuran, reproduksi, semuanya dapat dilakukan dalam proses engineering yang cepat dan akurat. Sistem ini juga menyediakan bukti pemeriksaan terkait terpenuhi tidaknya spesifikasi, yakni melalui pembandingan dengan data CAD. Dapat digunakan secara luas dalam berbagai Industri Manufaktur:Otomotif, Penerbangan, Logam Lembaran, Casting, Molding, Plastik, Alat Medis, dan sebagainya.

www.smartscope.com.sg

Optical Gaging (S) Pte Ltd 21 Tannery Road, Singapore 347733 Tel: 65 6741 8880 • Fax: 65 6741 8998 E-mail: marketing@smartscope.com.sg

Singapore • Malaysia • Indonesia • Hong Kong • South China Thailand • Myanmar • Philippines • Vietnam • Taiwan • Australia New Zealand • Middle East ENQUIRY NO 039


YOUR COST EFFECTIVE MARKETING PARTNER in asia 400

SUPPORTED AND ENDORSED BY

%

Increased 400% circulation in the Philippines

Reach out to 37,000 registered professionals on print and online

Maximise marketing exposure potential with new webinar

AUDITED BY

Generated 649 products enquiries in year 2015

LOWEST CPM only US$0.10 cost per thousand

Increased 11.65% in circulation

Email : salesiaa@epl.com.sg Tel: (65) 6379 2888 Fax: (65) 6379 2805

www.iaasiaonline.com

connect with us


2

CONTENTS METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA • APRIL - MAY 2016

PRODUCTIVE CUTS

18

Dari Citra Menjadi Implan Entah di sektor teknologi medis atau pembuatan alat dan molding, bengkel mesin sekarang ini dapat memanfaatkan solusi CNC terpadu untuk semuanya, dari konsep perancangan hingga produk jadi. Kontributor Tim Daro, presiden Bernard & Company.

PRODUCTIVE CUTS

20

Pemesinan Komponen Medis:

Unggul dengan Mesin Bubut Swiss

Pasar medis dunia bisa kuat karena beberapa alasan, termasuk fakta bahwa di sana terdapat populasi yang menua dan ini merupakan peluang bisnis untuk sektor manufaktur. Kontribusi oleh Tornos.

SHEET METALWORKING

23

Menghasilkan Lubang yang Tepat

Konsep punching menentukan proses slitting, yakni sebuah lembaran dipotong dalam satu hentakan untuk menghasilkan bentuk seperti lubang bulat dalam komponen, dan kontur luar dipotong dengan satu hentakan. Spesialis punching, Trumpf, memaparkan metodemetode dan inovasi punching.

SHEET METALWORKING

TECH ZONE

28

32

Agar Lebih Ramah Lingkungan

Bersiap untuk Peningkatan Produktivitas

Efisiensi & Keberlanjutan dalam Mesin Pengerjaan Logam Lembaran:

Industri pengerjaan logam lembaran global adalah pengguna utama energi dan biaya listrik lebih mahal setiap tahun. Paul Hillam, area export manager, SafanDarley, memberi tahu kita tentang tren pengurangan energi di bidang pengerjaan logam lembaran.

Sistem Mesin Vending Lanjutan:

Selama lebih dari dua dekade, mesin vending industri telah menyediakan sarana alat penyimpanan yang layak di seluruh dunia. Raoul Rapke, Director CTMS Division, IMC Group berbagi pandangannya dengan APMEN.

TECH ZONE

34

Menemukan Pertumbuhan Strategis dalam Presisi Melalui investasi CMM, Hokuto Guangzhou mengalami pertumbuhan bisnis yang strategis.

TECH ZONE

36

Ayo Menggerinda

Pat McCluskey, rekanpendiri ANCA memaparkan kecanggihan teknologi motor linear dan perannya dalam menyempurnakan proses penggerindaan alat.


ENQUIRY NO 008


4 CONTENTS METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA • APRIL - MAY 2016 METROLOGY & DESIGN

METROLOGY & DESIGN

37

FEATURES

40

50

Perangkat lunak pemeriksaan untuk memverifikasi kesalahan potensial pada komponen bubutan sangat penting untuk mengurangi pemborosan dan menghemat biaya. Oleh Peter Dickin, Manajer Pemasaran, Delcam.

Industry 4.0 menjadi bahan pembicaraan industri. Tetapi, dengan semua istilah hebat yang ditelurkannya, pemanufaktur mungkin terintimidasi oleh revolusi yang kelihatannya merusak ini, terutama dalam hal data. Singkatnya, apa itu Industry 4.0, dan bagaimana cara mengelola data dengan pintar? Oleh Michelle Cheong.

Pemeriksaan Dini Mengurangi Pemborosan

Pengukuran Multisensor:

Memasuki Era Baru

Getty Images

Sistem multisensor telah berkembang pesat selama bertahun-tahun seiring semakin majunya teknologi komponen untuk kendali gerak, optik, pencahayaan, dan kamera. Tim Sladden, Quality Vision International, memaparkan lebih lanjut.

FEATURES

44

Memimpin Manufaktur Masa Depan

Mengelola Data Dengan Pintar

52

Mengenal Manufaktur Kontrak

Manufaktur kontrak populer digunakan di sektor pengerjaan logam dan manufaktur era sekarang. Tetapi, apa saja sebenarnya faktor-faktor penting dalam memilih manufaktur kontrak yang tepat? Oleh Michelle Cheong.

Sebagai pelaku utama dalam manufaktur masa depan di sektor pemesinan, Sandvik Coromant telah mengidentifikasi lima bidang yang dibidik oleh perusahaan untuk memimpin pengembangannya.

56

Menghidupkan Industry 4.0

Dunia manufaktur telah memutuskan untuk ikut dalam rangkaian kereta Industry 4.0. Tapi ke mana sebenarnya kereta tersebut membawa kita di tengah era yang semakin serba terhubung ini? Craig Charlton, SVP, Asia Pacific Operations, Epicor memaparkan pandangannya.

FEATURES

46

59

Adopsi 3D Printing oleh Industri Manufaktur di Asia

Menggandakan Produktivitas

Melalui implementasi lini baru yang dilengkapi robot yang terwujud berkat kerja sama antara SIR (integrator sistem berbasis di Modena) dan FCA Cento, produksi blok mesin baru untuk mesin diesel V6 3000cc naik dua kali lipat. Kontribusi dari Comau.

Teknologi disruptif saat ini siap mengubah peta industri manufaktur karena menuntut pola pikir yang sama sekali baru menuju arah strategi pengadaan yang pada akhirnya merupakan kerangka kerja bisnis secara keseluruhan. Oleh Guo Tao, NX Product Marketing Manager of Asia Pacific, Siemens PLM Software.

REGULARS

Manufacturing Indonesia & Machine Tool Indonesia MENGENAL

Business News Product Finder Exhibition Programmes Product Enquiry Card

68

MANUFAKTUR KONTRAK

PEMESINAN KOMPONEN MEDIS: UNGGUL DENGAN MESIN BUBUT SWISS

April - May 2016

Menemukan

PERTUMBUHAN

STRATEGIS dalam Presisi

AYO

MENGGERINDA

Memimpin

VOL. 5 NO. 2 APRIL - MAY 2016

Refer to Advertising Index for Advertiser's Enquiry Numbers

Tinjauan Acara:

METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

8 63 67 68A

EVENTS & EXHIBITION

62

FC AM 2016-01.indd 2

MANUFAKTUR

MASA DEPAN

21/4/16 11:49 am

METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA (M.E.N.I.) is published 6 issues per year by Eastern Trade Media Pte Ltd 12 Hoy Fatt Road, #03-01 Bryton House, Singapore 159506 Tel: (65) 6379 2888 • Fax: (65) 6379 2885 SUBSCRIPTION RATES: M.E.N.I. is available to readers on a per annum subscription basis: US$97.00. Refer to the subscription card in each issue for further details. For change of address, please notify our Circulation Manager. For more subscription information Fax: (65) 6379 2806 Singapore E-mail: nurulhuda@epl.com.sg


Increased amount of thought content to help you drive your business.

60 50 50 %

increase in page views compared to highest number of page viewership in Q3 2015

increase in page views since January 2016

%

increase of page per session since 2015

www.equipment-news.com

%


6 EDITOR’S NOTE

METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA • APRIL - MAY 2016

MENCARI

AIR TENANG Pada 2015, saya mengikuti setidaknya enam pameran industri pengerjaan logam, menyambung kembali relasi dengan mitra bisnis lama, dan menjalin hubungan baru. Satu hal yang terus saya dengar dari mereka adalah, optimis namun waspada. Inilah kenyataannya: tidak ada satu orang pun yang mau dengan mantap mengatakan pendapatan akan melambung tinggi meskipun itu memang targetnya. Dan lagilagi, itulah target yang satu atau dua dekade lalu tidak menjadi target, atau justru, memang itulah targetnya selama ini. Melihat bagaimana ekonomi global awal 2016, bagaimana perusahaan-perusahaan bahan baku mendapatkan hasil buruk sepanjang tahun dalam kurun hampir satu dekade, pasar saham Tiongkok yang tersendat-sendat, apakah ini memang konteks standar yang harus kita ambil? Indeks Pertambangan Dunia Bloomberg mencatat rekor penurunan sebesar 6,2 persen sejak akhir tahun lalu dengan menurunnya harga-harga semua logam industri, terutama nikel dan seng. Saya rasa investor tidak mau dekat-dekat dengan logam, di tengah lesunya pasar saham Tiongkok yang kebetulan merupakan konsumen terbesar di dunia. Menurut analis, ada banyak sekali kekhawatiran seputar melemahnya yuan serta apa motivasi bank sentral Tiongkok. Di seberang, belum berhentinya ulah onar Korea Utara dengan rumor peledakan bom hidrogen yang mampu menimbulkan guncangan 5,2 skala Richter memicu efek riak terhadap gangguan komoditas di tengah ketegangan geopolitik yang semakin panas. Akan tetapi, mungkin keadaan tidak sebegitu buruknya, terutama sektor pengerjaan logam. Masih ada secercah harapan terlepas dari rekor penurunan pertumbuhan sektor manufaktur di Singapura pada 2015. Sektor penerbangan mengalami peningkatan output sebesar 6,1 persen dengan semakin banyaknya lapangan kerja yang dihasilkan. Di Indonesia, survei Nikkei menunjukkan kontraksi di sektor manufaktur telah melambat, dengan angka PMI terakhir mencapai 47,8 – naik tipis dibandingkan angka sebelumnya yang mencapai 46,9. Ini berkat paket-paket stimulus yang disuntikkan ke ekonomi Indonesia belakangan ini. Saya rasa, hasil langkah-langkah tahun 2015 atau sebelumnya tidak akan langsung terlihat pada bulan-bulan awal tahun 2016. Kita berada di tengah permulaan revolusi industri keempat, dan masyarakat (terutama di kawasan Asia Tenggara) semakin sadar betapa perlu dan pentingnya konektivitas antara jajaran manajemen dan pabrik. Di sektor manufaktur, gelombang revolusi terasa sangat keras pada awalnya, dan peralihan paradigma bisnis dari yang lama ke yang baru tidak mungkin berlangsung tenang. Pendapatan menanti di sana. Malah, pendapatan memang selalu ada di sana dan jumlah kekayaan yang ditawarkan semakin besar – yang berubah hanyalah jalur menuju ke sana. Dan jika boleh saya tambahkan, perubahan itu terbilang drastis. Jadi tantangan saya kepada para pembaca adalah: Anda bisa larut dalam kelesuan pasar dan mengatakan tidak ada uang lagi yang bisa dihasilkan, atau Anda bisa melakukan perombakan dan inovasi untuk menemukan sumber-sumber pendapatan baru yang belum tergali. Atasi gelombang besar, dan berikutnya hanya akan tersisa air yang tenang.

Published by:

EASTERN TRADE MEDIA PTE LTD (a fully owned subsidiary of Eastern Holdings Ltd)

Reg No: 199908196C

senior editor Syed Shah

syedshah@epl.com.sg

business development manager Randy Teo randyteo@epl.com.sg

editorial assistant Sharifah Zainon

sharifah@epl.com.sg

graphic designer Jef Pimentel

jeffreypimentel@epl.com.sg

circulation executive Nurulhuda binte Suhaimi nurulhuda@epl.com.sg

contributors Tim Daro Tornos Trumpf Paul Hillam Witte Asia Pat McCluskey Tim Sladden Peter Dickin Craig Charlton Guo Tao Michelle Cheong Comau

All rights reserved. No portion of this publication covered by the copyright herein may be reproduced in any form or means – graphic, electronic, mechanical, photocopying, recording, taping, etc – without the written consent of the publisher. Opinions expressed by contributors and advertisers are not necessarily those of the publisher and editor. Printed in Indonesia by PT. Persada Utama Tirta Lestari

EASTERN HOLDINGS LTD EXECUTIVE BOARD

chairman Kenneth Tan executive director Lum Kum Kuen

etm

Eastern

Trade Media Pte Ltd an Eastern Holdings Ltd company

Syed Shah Senior Editor

Head Office & Mailing Address: 12 Hoy Fatt Road #03-01 Bryton House Singapore 159506 Tel: (65) 6379 2888 Fax: (65) 6379 2885


www.manufacturing-expo.com

22-25 JUNE BITEC • BANGKOK THAILAND

THE VISION OF

PRODUCTIVITY 59,000 Trade Visitors

2,425 Brands of Technologies from 46 Countries

6 National Pavilions International conferences; Automotive Summit, Surface & Coatings Forum, Automation Conference and more

Thailand’s Largest Manufacturing and Supporting Industries Event

Co-located with:

Officially Supported by:

Organized by:

ENQUIRY NO 010

Exhibit space is open for reservation. +66 2686 7299 manufacturing-expo@reedtradex.co.th www.facebook.com/manufacturingexpopage


8 BUSINESS NEWS

Ini diterjemahkan dari bahasa inggris

MC3 Jon Husman

Permintaan Pelumas Naik Setiap Tahun Hingga 2019 Cleveland, AS: Sebuah laporan baru oleh Freedonia, sebuah perusahaan riset pasar, memperlihatkan data permintaan saat ini dan masa lalu, ser t a meng uraikan per tumbuhan pelumas di tahun-tahun mendatang. Secara keseluruhan, permintaan dunia untuk pelumas diproyeksikan naik dua persen per tahun hingga 2019, dengan peningkatan tercepat diperkirakan di kawasan Asia/Pasifik. Negara-negara sedang berkembang di Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan kawasan Afrika/Timur Tengah juga diperkirakan mencatat kenaikan yang sehat dalam menghadapi gelombang ekonomi. Di pa sar yang lebih mapan, seper ti Eropa Barat , Jepang , dan Amerika Serikat, diperkirakan akan t e t ap rel a t i f s t abil hing g a 20 19, meskipun peraturan ketat mengenai peng gunaan dan pembuangan p eluma s ak an memicu kon sum si pelumas yang berasal dari minyak mentah yang disuling ulang. Dunia berkembang akan mengalami peningkatan kepemilikan kendaraan

bermotor, namun interval pengosongan lebih lama oleh produsen dalam rangka menekan biaya pemeliharaan untuk pelanggan mereka akan mengganggu pertumbuhan oli mesin. Di sisi lain, minyak olahan akan menjadi kategori produk yang paling cepat berkembang, terutama didukung oleh peningkatan output manufaktur dari kawasan Asia/Pasifik dan kawasan industri lainnya. Selain itu, fak ta bahwa minyak olahan sering merupakan komponen dari produk yang selesai diproduksi membuatnya lebih sulit untuk m e n g ur an g i v o lum e n y a , b ahk an dengan peningkatan kualitas, karena sifat ketat persyaratan kinerjanya. Permintaan untuk pelumas hidrolik, p eluma s p enger jaan lo g am , dan pelumas lainnya juga akan terkena dampak positif, meskipun tidak sebesar k ate gor i miny ak ol ahan , deng an peluma s hidrolik dan pengerjaan logam yang berbasis bio diperkirakan mendapat banyak keuntungan berkat kesesuaiannya dengan peraturan lingkungan dan keselamatan.

Jepang Mengamankan Proyek Kereta Cepat $15 Miliar di India Mumbai, India: Jepang akan membang un proyek keret a cepat pertama di India, antara kota barat Ahmedabad dan Mumbai, deng an jarak 505 km, sekaligus menyediakan bantuan keuangan US$12 miliar berupa pinjaman jangka panjang berbunga rendah untuk membantu membiayai kereta cepat pertama di India. Pinjaman ini diharapkan dapat menutupi 80 persen dari nilai total proyek US$15 miliar, dan akan diberikan dengan tingkat bunga rendah satu persen, dengan syarat bahwa India membeli 30 persen dari kelengkapan yang dibutuhkan, termasuk gerbong dan lokomotif, dari Jepang. P r o y e k ini dih ar ap k an d ap a t mengurangi waktu perjalanan hingga lima jam, karena kereta ini memiliki kecepat an proyek si ant ara 300 sampai 350 km/jam. Dua pihak yang paling diuntungkan dari proyek ini kemungkinan besar adalah Mitsubishi Heav y Indus tries Limited dan Hitachi Limited.

AK Mittal, Chairman Indian Railway Board, mengatakan: “Ada beberapa (pemain) yang menawarkan teknologi berkecepatan tinggi. Namun hanya ada satu yang menawarkan teknologi sekaligus dengan pendanaannya. Itu adalah Jepang.� Ini dipandang sebagai jawaban Jep ang ter hadap kon t r ak proyek

kereta cepat Tiongkok di Indonesia. Jepang juga bermitra dengan Taiwan Hig h Sp e ed Rail di p a s ar kere t a cepat di luar negeri, meski mendapat protes dari Tiongkok. Tidak cukup sampai di situ, Jepang pun sedang mencoba memenangkan proyek kereta cepat untuk rute SingapuraKuala Lumpur.


The 12th International Manufacturing Machinery, Factory andManufacturing Supplies Exhibition The 12thEquipment International Machinery, Factory Equipment and Supplies Exhibition

3 - 6 August 2016 3 - 6 August 2016 Grand City Convention & Exhibition Centre . Surabaya . Indonesia Grand City Convention & Exhibition Centre . Surabaya . Indonesia

With the support of... With the support of... Association of Metalworked and Machinery

Indonesian Automotive Parts & Componenst Industries Association

Indonesian Machine Tool Industries Association

Federation of Indonesia Metalworks & Machinery Industries Association

Indonesian Mould & Dies Industry Association

Association of Metalworked and Machinery

Indonesian Automotive Parts & Componenst Industries Association

Indonesian Machine Tool Industries Association

Federation of Indonesia Metalworks & Machinery Industries Association

Indonesian Mould & Dies Industry Association

For further information please contact the office closest to you: For further information please contact you: Maysia Stephanie Carolyn Leethe office closest to Leonie Brooker

PT. Pamerindo Indonesia International Expo Management Pte Ltd Maysia Stephanie Carolyn Jakarta, Indonesia Singapore Lee PT. Indonesia International Tel: Pamerindo +62 (0) 21 2525 320 Tel: +65 6233Expo 6777Management Pte Ltd Jakarta, Singapore Fax: +62Indonesia (0) 21 2525 482 Fax: +65 6233 6768 Tel: +62maysia@pamerindo.com (0) 21 2525 320 Tel: +65carolyn@iemallworld.com 6233 6777 Email: Email: Fax: +62 (0) 21 2525 482 Fax: +65 6233 6768 Email: maysia@pamerindo.com Email: carolyn@iemallworld.com www.ManufacturingSurabaya.com

www.ManufacturingSurabaya.com

Overseas Exhibition Services Ltd Leonie Brooker London, United Kingdom Overseas Services Ltd Tel: +44 (0)Exhibition 20 7840 2134 London, Fax: +44United (0) 20 Kingdom 7840 2111 Tel: +44lbrooker@oesallworld.com (0) 20 7840 2134 Email: Fax: +44 (0) 20 7840 2111 Email: lbrooker@oesallworld.com ENQUIRY NO

Organised by Organised by 005


10

APRIL - MAY 2016 • METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

Pasar CNC Tiongkok Masih Bisa Tumbuh

New York, AS: Pada tahun 2014, output mesin perkaka s CNC di T iong kok mencapai 308.000 set, melonjak 26,7 persen dari tahun sebelumnya. Namun, lonjakan ini tidak terbawa sampai tahun 2015, terutama disebabkan oleh krisis ekonomi, yang pada akhirnya mengakibatkan penurunan mesin perkaka s CNC tipe ekonomis dan penurunan permintaan di tingkat hilir mengakibatkan output mesin perkakas CNC turun ke sekitar 207.000 set. Terlepa s dari kemunduran ini, pasar mesin perkakas CNC Tiongkok masih sangat menjanjikan. Salah satu alasannya, mesin perkakas CNC saat ini bertambah hingga sekitar 30 persen, yang masih jauh dari negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Jepang, dan Jerman, yang semuanya di kisaran 85 persen. Made In China 2025 menempatkan mesin perkakas CNC di bawah payung pengembangan utama, menandakan kemungkinan peningkatan insentif kebijakan yang ting gi, berpotensi mendorong peningkatan sampai 40 persen pada tahun 2018, dan 60 persen pada tahun 2025. Untuk mencapai target tersebut, T iong kok ak an fokus mendukung pengembangan peralatan yang efisien dan berteknologi cerdas. Perusahaan seperti Dalian Machine Tool Group dan Shenyang Machine Tool Company sudah mulai mengalihkan fokus mereka ke pengembangan produk-produk dengan kecerdasan buatan. M e s k ip un p o s i t i f, m a s ih a d a banyak kendala yang menghambat laju pengembangan CNC Tiongkok.

Kebangkitan Industri Baja dan Batu Bara di Tiongkok

Tiongkok: Produsen baja dan batu bara Tiongkok menikmati kebangkitan dengan adanya jaminan dari Premier Li Keqiang bahwa dampak PHK akan diminimalkan dalam upaya negara itu untuk memangkas kelebihan kapasitas. Pemerintah Tiongkok telah menyiapkan dana untuk membantu penambang batu bara dan pembuat baja lebih mudah mengurangi jumlah pekerja dan membuang aset jelek. Dana ini akan tergantung pada perusahaan yang memangkas kapasitas produksi. Johnson Hu, seorang analis di UOB-Kay Hian, mengatakan bahwa “pernyataan Li membuka pintu bagi perusahaan untuk memberhentikan pekerja sebagai cara untuk memangkas kapasitas dan meningkatkan efisiensi,” lalu menambahkan bahwa Li telah memberikan “kabar baik untuk pertambangan batu bara dan pabrik baja karena kebijakan itu dapat membantu penyebab utama masalah mereka, yaitu bagaimana menangani kelebihan tenaga kerja.” Michelle Leong, seorang analis Bloomberg Intelligence di Hong Kong, melihat langkah itu sebagai dorongan bagi pemerintah daerah untuk mempercepat penutupan tambang, karena “Kelebihan kapasitasnya sangat besar”. Mengacu pada kapasitas batu bara mentah sebesar 4,8 miliar metrik ton dibandingkan dengan permintaan yang berkisar 3,1 miliar ton. Tiongkok juga akan berhenti menyetujui tambang batu bara baru untuk tiga tahun ke depan, sambil terus memangkas kapasitas produksinya. Langkah ini mengikuti rencana yang dibuat oleh Hebei untuk mengurangi produksi baja dan besi sebanyak 18 juta ton.

Pertama, ketergantungan mereka pada impor yang terlalu tinggi, dengan lebih dari 80 persen dari mesin perkakas CNC high-end dan lebih dari 90 persen dari komponen inti high-end masih diimpor dari Jepang, Amerika Serikat, dan Jerman. Kendal a kedua ber k is ar pada kurangnya daya saing di industri. Kebanyakan komponen inti, seperti motor servo dan motor spindel, berada di tangan beberapa perusahaan asing. Bahkan, Siemens dan Fanuc menguasai lebih dari 60 persen dari pasar sistem CNC Tiongkok pada tahun 2014.

Kurangnya daya saing meluas ke pasar lokal juga, karena Dalian Machine Tool Group dan Shenyang Machine Tool Company menguasai lebih dari 50 persen pangsa pasar. D a n t e r a k h i r, a d a i s u t i d a k meratanya distribusi regional. Pusat pemesinan dan pembubut an CNC sebagian besar terkonsentra si di Timur Laut dan Tiongkok Timur, grinder dan komponen fungsional diproduksi terutama di Yangtze River Delta Region and Central, sedangkan Tiongkok Timur dan Tiongkok Tengah menjadi pusat mesin perkakas pembentukan logam.


ENQUIRY NO 012


12

APRIL - MAY 2016 • METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

Hebei Memangkas Produksi Besi Baja Sebanyak 18 Juta Ton

Hebei, Tiongkok: Dal am upay a m em er an g i ke lebihan k ap a s i t a s produksi baja dan besi, provinsi utara Hebei, yang memproduksi seperempat dari baja Tiongkok , berjanji akan mengurangi produksi besi sebesar 10 juta ton dan baja sebanyak delapan juta ton. Sikap ini muncul di tengahtengah memburuknya polusi udara di k aw a s an i tu, y ang dis al ahk an terutama produksi baja, semen, dan kaca. Ketergantungan pada industri berat seper ti besi dan baja jug a menyebabkan Hebei rentan terhadap penurunan permintaan domestik dan asing untuk barang modal. Dalam jangka pendek, pemangkasan produksi ini, selain konsesi sebelumnya yang termasuk usulan pemangkasan produksi 160 juta ton baja, semen, dan batu bara, kemungkinan akan mer ing ank an ma s al ah kelebihan k ap a s i t a s t e t api m emp en g ar uhi pertumbuhan ekonomi Hebei, yang baru saja mengalami pertumbuhan 6,8 persen untuk tahun 2015.

Kekacauan Komoditas yang Berkelanjutan Memaksa Perusahaan Minyak dan Pertambangan Melakukan Efisiensi New York, AS: Perusahaan minyak dan pertambangan yang telah berekspansi selama periode kenaikan pada dekade terakhir kini memangkas puluhan ribu pekerja dan menunda proyek miliaran dolar sehubungan dengan kekacauan p a s ar komodi t a s y ang memak s a penurunan nilai saham miliaran dolar. Ma s al ahny a t amp ak ny a t idak akan mengendur dalam waktu dekat, menur u t Paul Mumford, s eor ang fund manager di Cavendish A sset Management yang dananya memegang saham perusahaan minyak dan pertambangan, yang mengklaim: “Harga minyak belum ada tanda-tanda perbaikan” Pergolakan komoditas saat ini mungkin bagian dari pergeseran global dalam dinamika pasar yang sedang marak perampingan pengeluaran, bahkan jika harga pulih kembali di masa depan. Menurut analis Bernstein, “Belanja perusahaan minyak akan tetap dibatasi bahkan jika harga minyak naik”, meningkatkan kemungkinan bahwa pola pikir saat ini dalam kenaikan belanja dengan harga minyak mungkin harus diubah secara mendasar untuk beradaptasi dengan era baru efisiensi. Untuk penambang, situasinya bahkan lebih buruk. Glencore Public Limited Company dan Anglo American Public Limited Company memangkas dividen setelah melihat harga saham terjun melebihi masalah arus kas dan utang. Bahkan penambang terbesar di dunia, BHP Billiton Limited, menghadapi konsekuensi dari pelanggaran dam-tambang mematikan di Brasil tahun lalu yang bisa menggoyahkan keuangan perusahaan. Kekhawatiran atas pasar Tiongkok terutama bertanggung jawab atas kerugian perusahaan minyak dan pertambangan terkemuka, dengan Shell kehilangan 2,8 persen dan raksasa pertambangan BHP dan Rio Tinto masing-masing turun 5 dan 3,4 persen. Respons terhadap kondisi tersebut datang dalam bentuk PHK dan penghentian proyek. Pada bulan Desember 2015, Shell menurunkan anggaran belanja untuk 2016 dari US$ 35 miliar menjadi US$33 miliar, selain pemotongan biaya US$12 miliar pada tahun 2015. Sektor pertambangan juga berada dalam tahun yang sulit, demikian menurut analis pertambangan Macquarie Research, Alon Olsha, yang mengatakan: “Tahun 2016 akan menjadi tahun yang sulit lagi, kita masih belum melihat rasionalisasi kapasitas dan produk yang cukup”

Import Baja India Meningkat 23 Persen pada Bulan Desember New Delhi, India: Di tengah kelambanan industri baja dunia, India mencatat peningkatan 23 persen pada Desember 2015. Ini terjadi setelah penurunan 35 persen pada bulan November. Total impor baja mencapai 0,94 juta ton, meningkat dibandingkan dengan bulan sebelumnya, namun menurun 1,4 persen dibandingkan

dengan bulan yang sama pada tahun 2014. Lonjakan impor ini berlawanan dengan kebijakan proteksionis, yang termasuk kenaikan bea masuk dan perlindungan, yang diberlakukan oleh pemerintah sejak Juni 2015. Keg ag alan kebijak an ter sebut dapat ditelusuri ke penghindaran Tiongkok melalui penurunan harga yang dibarengi kebijakan. Secara

keseluruhan, total impor baja selama periode April-Desember mencapai 8 . 3 8 9 ju t a ton , naik 2 9, 2 p er s en dibandingkan dengan jangka waktu yang sama selama tahun 2014. Namun, pemerintah India tidak akan tergoyahkan dengan berbagai kebijakan yang lebih protek sionis yang akan dijalankan dalam beberapa bulan mendatang, termasuk p er lindung an s emen t ar a dar i 20 persen pada impor produk datar hotrolled non-aloi dan baja aloi lainnya.


APRIL - MAY 2016 • METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

Pabrik Baja Terbesar Inggris di Ambang Jurang Port Talbot, Inggris: Industri baja Inggris kembali mendapat pukulan telak ketika pabrik baja Tata di Port Talbot, pabrik baja terbesar di Inggris, akan segera ditutup, sehingga 4500 karyawannya mengalami ketidakpastian masa depan. Ini melanjutkan tren yang mengkhawatirkan dalam indus tri, dengan ribuan pekerja mengalami PHK dalam tiga bulan terakhir, terutama karena penurunan di pasar global dan ekspor murah oleh Tiongkok. Pemerintah kota setempat meminta Tata menyusun rencana komprehensif un t uk memb endung ker ug ian £ 1 juta (US$1.46 juta) per minggu dan mencegah nasib yang sama seperti Scunthorpe dan Redcar, yang pabrik bajanya ditutup, mengakibatkan lebih dari 2.500 staf menganggur. Kondisi ini mendorong banyak pihak untuk menuntut kebijakan proteksionis terhadap Baja Inggris guna menghadapi serbuan baja Tiongkok yang dijual di bawah harga pasar. Langkah-langkah lain yang disarankan dalam upaya untuk menyelamatkan industri baja Inggris termasuk menurunkan pajak lingkungan dan bunga usaha. Serikat buruh masyarakat mengatakan akan bertemu Tata Steel untuk membahas perundingan rencana PHK, mencari dan cara terbaik untuk membuat industri baja berkelanjutan. Saat dimintai komentarnya, juru bicara Tata mengatakan: “Saat ini belum ada pengumuman yang dapat disampaikan”

Lloyd’s Register Menerbitkan Buku Panduan Manufaktur Aditif London, Ing gris: L loyd ’s Register menerbitkan buku panduan Additive Manufacturing (AM) berbasis tujuan untuk industri, sehingga membuat operator dan produs en di indus t r i energi dan kelautan memiliki kepercayaan diri dalam p er al at an dan komp onen logam yang diproduk si menggunakan AM. A M dipandang sebag ai revolusi industri berikutnya u n t u k m a n u f a k t u r, d a n L l o y d ’ s R e g i s t e r, d a l a m hubungannya dengan perusahaan penelitian rekayasa dan teknologi TWI, percaya bahwa buku panduan mereka akan menjadi langkah penting dalam komersialisasi AM. B eb er ap a in du s t r i t e l ah m en g in t e g r a s ik an A M ke dal am p r o s e s manufakturnya. Rolls-Royce mengeksplorasi teknologi AM selama lebih dari setengah dekade, terutama untuk manufaktur komponen dan perbaikan. M e nur u t D e r e k J o n e s d ar i p r o g r am R o l l s- R o y ce ’s R e s e ar c h a n d Technology, manfaatnya sangat besar. “Menyingkat waktu produksi hampir sepertiganya, sehingga memberi waktu lebih untuk desain, yang pastinya selalu bermanfaat.” Industri otomotif juga menyelidiki produksi hibrid yang menggabungkan teknologi AM dengan tujuan akhir meminimalkan pengeluaran pada bahan bernilai tinggi. Dampak positif ini tidak hanya dirasakan industri otomotif. Sektor lain seperti farmasi dan kedirgantaraan juga melirik penggunaan AM dalam bisnis keseharian mereka. Apalagi sektor minyak dan gas, di tengah pentingnya penghematan biaya dan peningkatan efisiensi di masa suram dan upaya pemulihan kepercayaan investor, penggunaan komponen AM akan semakin meningkat. Roger Fairclough, principal project leader di TWI, berharap bahwa kolaborasi mereka dengan Lloyd’s Register akan mengubah peta industri, dengan menyatakan “Proyek industri bersama antara Lloyd’s Register dan TWI ini akan menjembatani kesenjangan bagi peserta proyek dan memungkinkan mereka untuk membawa bagian AM dengan cepat dan aman ke dalam pasar industri.”

Tesla Terus Melakukan Pengujian Otomotif California, AS: Tesla memperkenalkan p e r a n g k a t l u n a k 7.1 b a r u y a n g melanjutkan pengembangan f itur autopilot dari pembaruan perangkat lunak 7.0 pada bulan Oktober lalu. S e c a r a k h u s u s , Te s l a 7.1 memperluas fungsi autopilot dan m emp er kenal k an S umm o n , f i t ur baru yang ditujukan untuk otomatis memarkir mobil Anda setelah tiba di rumah, dan otomatis memanggil mobil itu keesokan harinya.

Pembaruan ini dirilis pada tanggal 10 Januari dan tersedia untuk sekitar 60.000 kendar aan Tesla s aat ini, sehingga memungkinkan pengemudi untuk meng gunakan key fob atau aplikasi Tesla untuk mengarahkan m o b i l p a r k i r. I n o v a s i b a r u i n i melanjutkan upaya Tesla membuat mobil yang otomatis sepenuhnya, memperluas fungsi autopilot yang diperkenalkan di pembaruan sebelumnya.

Pengemudi saat ini disarankan untuk memanfaatkan fungsi parkir di properti pribadi mereka, karena ke t idak mampuan Te sl a 7.1 untuk mengenali beberapa kendala, seperti sepeda dan kardus. Elon Musk, pemilik Tesla, menjelaskan tujuan akhir produknya selama panggilan konferensi, dengan mengatakan: “Dalam dua tahun, Anda akan mampu memanggil mobil Anda dari seluruh negeri, jika mobil Anda di New York dan Anda di Los Angeles, ia akan menemukan jalan untuk tiba di posisi Anda.”

13


14

APRIL - MAY 2016 • METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

Tiongkok Defisit Pesawat $1 Triliun

A P P O I N TM E N TS

Cadillac Menunjuk Mantan Eksekutif BMW sebagai Sales Chief

Tiongkok: Tiongkok membutuhkan pesawat senilai US$ 1 triliun selama 20 tahun ke depan, dan menurut Domhnal Slattery, chief executive officer dari penyewa Avolon Holdings Limited, mereka sudah mendapat pesanan lebih dari 750 pesawat. Dalam wawancara dengan Bloomberg, Domnhall: “Pasar Tiongkok didorong oleh demografi, jika kita perhatikan di Asia ada 600-700 juta penduduk kelas menengah. Angka itu akan tumbuh dalam 20 tahun ke depan menjadi 2,6 miliar orang. Itu berarti tumbuh 400.” Dia kemudian berspekulasi bahwa lebih banyak pesanan yang menunggu untuk Boeing and Airbus Group. Boeing dan Airbus memprediksi bahwa Tiongkok akan menjadi pasar perjalanan udara terbesar selama 20 tahun ke depan. Lonjakan perjalanan udara di Asia telah memainkan peranan utama dalam mengangkat penjualan pesawat dalam beberapa tahun terakhir, yang mendorong Boeing mengalami rekor penjualan selama tiga tahun terakhir. Armada pesawat Tiongkok diperkirakan akan meningkat menjadi 7.210 pesawat pada tahun 2034, lebih dari dua kali lipat jumlah saat ini yang 2.570 pesawat. Untuk mencapai target itu, Boeing memprediksi Tiongkok akan membutuhkan 6.330 pesawat baru, senilai US$950 miliar setiap tahun, selama dua dekade ke depan. Ketika didesak tentang dampak situasi keuangan terkini di Tiongkok mungkin pada angka perkiraan itu, kepala strategi Airbus Marwan Lahoud tidak mengharapkan ada banyak perubahan pada perkiraan tersebut, tetapi akan terus memantau Tiongkok.

Schaeffler Group Mengakuisisi Start-Up Latvia Herzogenaurach, Jerman: Schaeffler Group mengakuisi star t-up Lat via S I A N a c o Te c h n o l o g i e s p a d a 1 0 Desember 2015. N a co Te c h n o lo g i e s , dip im p in sang professor, Valery Mitin, adalah ahli dalam pengembangan sis tem lapisan baru, seper ti yang terlihat dalam pengembangan mereka untuk proses tercepat untuk deposisi uap f isik (PVD), yang tepat melengkapi PVD Schaeffler dan proses berbasis pl a s ma y ang s a a t ini dig unak an dalam produksi volume tinggi.

Akuisisi Naco dipandang sebagai up ay a S c h a e f f le r m e n g am ank an pengetahuan bidang relevan mereka, sambil menambahkan tim spesialis yang sangat terlatih ke dalam rangkulan mereka. Professor Peter G u t z m e n , d e p u t y C EO d a n C T O , menilai langkah ini sebagai tambahan kompetensi kunci Schaeffler, dengan mengatakan: “Ini menggarisbawahi k l a im k i t a un t uk ke p e m im p in a n teknologi dalam teknologi lapisan.” Profesor Mitin juga menyambut akuisisi perusahaannya, terutama

Michigan, AS: Dan Creed, mantan eksekutif BMW, mengambil alih jabatan Jim Bunnell sebagai vice pr e siden t o f s ale s op er a t ion terhitung sejak Januari 2016. Creed akan bertanggung jawab atas penjualan dan layanan di Amerika Utara. Presiden Cadillac Johan de Nysschen menyanjung “rekam jejak yang solid di sektor mobil mewah” dari Creed dan kemampuannya untuk “memberikan masukan berharga untuk penjualan dan layanan strategi Cadillac” Mereka akan sangat memerlukan keahlian Creed. Kinerja Cadillac masih berada di bawah standar meski mengalami per tumbuhan 2,6 persen, tapi masih tak sejalan dengan kenaikan rat a-rat a 7,7 persen di pasar mobil mewah. Restrukturisasi ini merupakan bagian dari strategi Nysschen yang lebih luas untuk meningkatkan tingkat layanan dan kecanggihan dealer Cadillac. Berbicara tentang s t an d ar s a a t ini di C a dil l a c , Nys schen berkoment ar bahwa dealer “mungkin sudah memberikan yang sesuai standar, tapi standar itu masih di bawah ekspek tasi pembeli Cadillac di masa depan.”

sebagai kesempatan untuk bekerja dengan spesialis di Schaeffler. Dia mengoment ari tujuan ini setelah akuisisi: “Saya ingin menyumbangkan pengetahuan saya dan hasil kerja kami di salah satu perusahaan global yang paling inovatif dan terkemuka untuk teknologi permukaan.” Mitin menambahkan, “Bersamasama kita akan dapat meningkatkan pengembangan sistem lapisan baru dan lebih baik dan mencapai lompatan kuantum untuk metode produksi.”


APRIL - MAY 2016 • METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

POSCO Meluncurkan Teknologi Baja Otomotif Canggih di Detroit Car Show Detroit, AS: Produsen baja Korea Selatan, POSCO, diperkirakan akan meluncurkan komponen mobil 30 futuristik dan teknologi baja otomotif selama North American International A u t o S h o w y an g b e r l an g s un g di Detroit, Michigan, pada 11-24 Januari 2016. Perusahaan ini terutama ber fokus pada teknologi baja otomotif canggih sendiri, termasuk baja t winning induced pl a s t icit y steel (TWIP) dan hot press forming (HPF) deng an kek uat an dan elastisitas yang ditingkatkan. Baja T W IP m e r e k a t a h a n s a m p a i 1 0 0 k ilo g r am p er mil ime t er p er s e g i , dengan kemampuan pembentukan lima kali lebih banyak. Baja HSF mereka juga terkenal karena kekuatan tarik yang mencapai 2 GPa, melebihi standar industri yang 1, 5 GPa, memungkinkan baja HSF POSCO untuk menahan beban 200 kilogram per meter persegi. Perusahaan ini juga akan memperkenalkan PosM-XF, yaitu TWIP yang lebih meningkatkan kemampuan membentuk, dan juga ada baja 1 GPa TRIP yang baru-baru ini dikembangkan, yang memancarkan karbon dioksida 50 persen lebih sedikit dari rangka baja konvensional mobil dengan mesin pembakaran internal dan karbon dioksida sembilan persen lebih sedikit dari rangka baja konvensional kendaraan listrik dengan ukuran yang sama. Seorang petinggi POSCO mengklaim bahwa: “Bodi mobil 26,4 lebih ringan tapi lebih aman dibanding kerangka baja konvensional pada mobil sedan tipe sedang. Baja ini telah mendapat nilai ‘bintang lima’ dalam program penilaian mobil baru Eropa dan nilai ‘Baik’ menurut pengujian dari U.S.’ Insurance Institute for Highway Safety (IIHS).”

Bijih Besi Merosot, Tambang $2 Miliar Terancam Pilbara, Australia: Gindalbie Metals Limited bisa menjadi korban berikutnya dari kemerosotan harga bijih besi yang terus terjadi. Mitra mereka, Anshan Iron and Steel Group Corporation telah melibatkan pihak ketiga dalam upaya untuk menentukan kelayakan tambang bijih besi Karara di Australia Barat di tengah kondisi sulit yang saat ini menghampiri sektor baja. Situasi Karara bukanlah hal baru bagi sek tor yang telah mengalami penurunan harga bijih besi 39 persen p ada t ahun 2015 , menandai t ig a tahun kerugian, yang mengarah ke

penutupan operasi per tambangan besar di seluruh Aus tralia dan anjloknya harga bijih besi ke US$38,30 per metrik ton. Misalnya, BC Iron Limited menunda proyek joint venture Nullagine dengan Fortescue Metals G r o up L imi t e d , p r o du s e n ke t i g a terbesar Aus tralia, akibat dari rendahnya harga. Bahkan investasi asing yang sudah siap seperti proyek yang diusulkan Baosteel di Australia Barat ditunda tanpa batas waktu. Beberapa ahli mengklaim bahwa jatuhnya harga bijih besi mungkin memang dibutuhkan sebagai cara

Pesawat Hibrid Mendapat Dukungan NASA C l e v e l a n d , A S : P a r a p e n e l i t i di pusat penelitian NASA Glenn sedang meng g ar ap p e s aw at hibr id y ang berfungsi sama seperti mobil hibrid. Pesawat ini akan bergantung pada bahan bakar fosil dan listrik. Mereka sudah mulai mengerjakan semua aspek dari pesawat baru ini, mulai dari mesin listrik hibrid hingga bagian kecil seperti insulasi di seputar kabel pesawat. Dengan kemajuan yang ada saat ini diperkirakan ada potensi untuk membuat pesawat terbang yang hampir 30 persen lebih hemat bahan bakar, penghematan yang sangat besar bagi industri yang tahun lalu menghabiskan lebih dari 8,9 miliar galon bahan bakar di Amerika. Berbicara tentang struktur pesawat, Amy Jankov sk y, seor ang insinyur NASA mengatakan bahwa “Sistem ini menggunakan motor dan generator listrik yang bekerja sama dengan mesin turbin untuk mendistribusikan listrik ke seluruh pesawat untuk mengurangi hambatan sesuai jumlah bahan bakar yang dibakar. " NASA jelas bukan satu-satunya pendukung pesawat listrik, karena pesawat konsep lainnya juga sudah dibahas secara serius sepanjang tahun, misalnya Progress Eagle dan PAK TA.

untuk menghadapi stagnasi di sektor ini, seraya menilai bahwa seharusnya banyak tambang besar yang sudah ditutup lebih awal. Mat thew Hodge, analis dari Sydney, salah seorang yang menyuarakan perlunya penutupan di sektor ini, mengatakan: “Sebagian di antaranya harus direlakan dan itu positif, tapi ini baru awal, dengan kelebihan pasokan yang ada di luar sana, pasar harus menderita dulu.” Gindalbie telah meminta pemberitahuan resmi dari Ansteel untuk kepastian dukungan jangka panjang mereka untuk Karara, namun belum menerima tanggapan, demikian menurut pernyataan perusahaan Australia itu.

15


16

APRIL - MAY 2016 • METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

Saham Manufaktur Terpukul oleh Perlambatan Tiongkok London, Inggris: Indek s F TSE 100 di bursa New Year dimulai dengan kondisi mengena sk an, tur un £ 3 8 miliar (US$55,36 miliar) karena pasar s a h a m g lo b a l t e r p e n g a r uh a r u s ketidakpastian atas perekonomian Tiongkok. Kejatuhan ini berasal dari Tiongkok, dengan berita melemahnya sek tor pabrik dan goyahnya Yuan yang menyebabkan saham Tiongkok di indeks CSI300 jatuh tujuh persen, menghentikan perdagangan satu jam setengah lebih awal, dan selanjutnya menambah tekanan yang disebabkan oleh antisipasi terhadap berakhirnya l a r a n g a n p e n ju a l a n s a h a m o le h para pemangku kepentingan utama minggu ini. Kabar dari Tiongkok juga mengakibatkan harga tembaga terjun bebas, yang secara intrinsik terkait deng an pa s ar T iongkok , merosot selama dua minggu dan menyebabkan perusahaan tambang terdaf tar di Inggris berada di zona merah. Penurunan saham Tiongkok terjadi setelah adanya sur vei bisnis yang menunjukkan aktivitas manufaktur di Tiongkok mengalami kontraksi untuk sepuluh bulan ber turut-turut pada bulan Desember. Keperc ay aan ter hadap s ek tor manufak tur Ing gris juga terpukul akibat melambatnya per tumbuhan T iong kok . K r isis keperc ay aan ini menjadi lebih parah akibat sur vei yang menyatakan bahwa manufaktur pada tahun 2015 lebih lambat dari tahun 2014. Produsen Inggris juga menghadapi laju paling lambat untuk pesanan baru luar negeri selama lima bulan ter ak hir. Indek s ak t i v i t a s u t ama tergelincir ke 51,9 pada bulan Desember, lebih sedikit dari perkiraan 52 ,7 berda s ark an jajak pendapat ekonom Reuters. Inggris bukan satu-satunya pasar Eropa yang terpengaruh oleh situasi di Tiongkok; Dax Jerman turun lebih dari empat persen, sementara Cac Prancis turun dua setengah persen.

Morgan Bermitra dengan Yongda Membangun Fasilitas Manufaktur Baru Wuxi, Tiongkok: Dalam sedikit dongkrak terhadap tren perusahaan Tiongkok yang berinvestasi di perusahaan yang berbasis di AS, Morgan Ceramic Core Technology telah bekerja sama dengan kelompok perusahaan terintegrasi, Yongda Technology Group, untuk mendirikan fasilitas manufaktur di Wuxi, Tiongkok. Kemitraan sembilan bulan bernilai US$1,45 juta ini memperluas kehadiran Morgan di sektor turbin gas dan kedirgantaraan industri Tiongkok. Fasilitas ini akan mempekerjakan sekitar 160 staf, memberikan dorongan kerja yang sangat dibutuhkan untuk sektor manufaktur Tiongkok yang sedang stagnan. Cabang dibuka secara resmi oleh Dr Pete Raby, CEO Morgan Advanced Materials. Upacara pembukaan ini juga dihadiri oleh para eksekutif senior Morgan dari Greater China dan seluruh Asia, serta tamu dari Yongda dan anak perusahaannya, Suvast. Menyuarakan optimismenya terkait masa depan kemitraan ini, Raby mengatakan: “Joint venture ini telah menciptakan sebuah fasilitas yang sangat ideal untuk melayani kebutuhan pengembangan sektor industri kunci di Tiongkok dan lebih jauh. Kerja sama kami dengan Yongda hingga kini terjalin begitu erat dan saling menguntungkan dan akan terus begitu dengan fasilitas sekarang bergerak ke mode produksi penuh” Ini bukan pertama kalinya Yongda bekerja sama dengan perusahaan Amerika; pada Maret 2015 mereka menjalin kesepakatan diskon dan pembiayaan dengan raksasa jaringan transportasi San Francisco, Uber.

BOC Aviation Memesan 30 Airbus A320

Singapura: BOC Aviation, perusahaan penyewaan pesawat yang berbasis di Singapura, memesan 30 Airbus A320, yang total harganya mencapai lebih dari US$3 miliar, untuk memenuhi peningkatan permintaan. Pesanan yang mencakup 18 A320 bermesin baru dan 12 A320 bermesin saat ini tersebut dibuat pada akhir Desember. Untuk 18 A320, harganya adalah US$106,2 juta per pesawat, dengan mesin baru harganya naik dibanding US$97 juta untuk A320 standar. Pembelian baru ini mengikuti pembelian November untuk 22 B737 senilai US$2,27 miliar pada harga katalog. Menurut Robert Martin, chief executive BOC Aviation, langkah ini menunjukkan komitmen BOC Aviation untuk Boeing serta memberi pelanggan mereka pilihan lain untuk rute jarak pendek dan menengah.


APRIL - MAY 2016 • METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

Grafit Terjun di Pasar Tiongkok London, Inggris: Di tengah hiruk-pikuk dunia yang disebabkan oleh gejolak di pasar Tiongkok, kesengsaraan grafit mungkin sangat diremehkan. Industri graf it , seper ti banyak sektor lainnya, mengalami peningkatan konsisten disebabkan oleh lonjakan baja Tiongkok, terutama karena penggunaannya sebagai bahan baku utama dalam elek trode dan refraktori. Dan, seperti banyak sektor lain, mereka t ampaknya dengan cepat ter jer umus ke dal am k r isis y ang disebabkan oleh kontrak si pa s ar Tiongkok. Nyawa utama dari industri grafit sintetik, elektroda untuk electric arc furnaces (EAF), merupakan yang paling terpukul. Produksi baja EAF tahun 2014 turun enam persen, dan tren turun itu terus berlanjut pada tahun 2015. Nasib grafit alam juga tidak lebih b aik , d e n g an p e r min t a an un t uk refraktori turun setiap tahun sejak 2011, padahal itu pasar yang paling signifikan untuk grafit alam. Penurunan tersebut diproyeksikan terus berlanjut sampai tahun 2020. Namun, selalu ada hikmah tersembunyi di balik semua malapetaka dan masa suram, dan itu datang dalam bentuk baterai lithiumion, khususnya anode baterai lithiumion yang sangat portabel. Tiongkok menjadi semacam tempat kelahiran bagi kendaraan listrik (EV) dan plug-in kendaraan listrik. Bahkan, penjualan tahun 2015 menyumbang lebih dari seteng ah dari seluruh penjualan EV dalam sejarah Tiongkok. B any ak permint aan ini dik ait k an dengan dorongan pemerintah Tiongkok untuk memproduksi lima juta kendaraan energi baru ke jalan pada tahun 2020, melalui berbagai langkah mulai dari subsidi EV hingga membebaskan EV dari pembatasan jam sibuk. Dorongan terhadap E V tidak terbatas di Tiongkok saja, karena produsen visioner seperti Tesla juga telah melakukan hal hebat untuk m e n in g k a t k a n p e r m in t a a n E V, mencipt akan mobil yang ramping

Mobil Listrik Terus Melaju New York, AS: Mobil listrik mungkin belum memenuhi harapan para pendukungnya, tetapi tidak ada yang bisa menghambat industri untuk membawa kendaraan bertenaga baterai baru itu ke pasar. General Motors adalah salah satu dari banyak perusahaan yang berfokus pada kendaraan listrik, dan Chevrolet Bolt versi produksi mereka adalah contoh investasi strategis berkelanjutan oleh banyak perusahaan di mobil yang berjalan dengan energi berkelanjutan. Bolt secara luas dianggap oleh banyak kalangan akan menjadi batu loncatan yang signifikan dalam mempopulerkan mobil listrik, menjanjikan jarak jauh, 322 km dengan baterai yang terisi penuh, dengan harga yang terjangkau, US$30.000. Peningkatan signifikan mungkin masih belum cukup, karena konsumen bisa tergoda untuk mempertahankan kendaraan mereka yang lebih besar dengan situasi harga bahan bakar US$2 per liter. Sayangnya, penjualan yang mengecewakan bukanlah hal baru untuk kendaraan listrik dan hibrid, yang sejauh ini mengalami penjualan yang loyo. Sektor mobil listrik dan hibrid hanya menyumbang 2 persen dari sektor otomotif, dengan model seperti Nissan Leaf turun sebesar 43 persen pada tahun 2015 dibandingkan dengan tahun sebelumnya, dan Toyota Prius turun 11 persen. Analis industri tidak yakin apakah mobil listrik akan populer dalam waktu dekat, terutama selama harga bahan bakar rendah, tetapi Ms Mary Barra, chief executive GM, menyatakan bahwa GM “berkomitmen untuk elektrifikasi” meskipun penjualan masih minim sejauh ini. GM bukan satu-satunya perusahaan yang masih yakin dengan tren listrik/ hibrid. Tesla mungkin pemasok mobil listrik yang paling dikenal, sudah memulai produksi pada model Z mereka, sedangkan Audi baru-baru ini memamerkan sebuah SUV listrik yang disebut e-tron, dan BMW meluncurkan mobil listrik tahun lalu. Sebagaimana dikatakan oleh Mr Ricky Hudi, senior executive di Audi: “Elektrifikasi, konektivitas, dan mobil tanpa pengemudi adalah tren.” Kebanyakan perusahaan otomotif tampaknya sepakat dengan filosofi itu, dan bersedia menanggung defisit saat ini dalam penjualan dan kurangnya minat konsumen karena seperti yang Ms Barra akui: “Cara orang-orang menghadapi masalah selalu berubah dan kami paham itu”. dan hemat baterai deng an harg a s ang at rendah. Semua ini, selain meningkatnya kesadaran akan kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh mobil tradisional, mendorong lonjakan permintaan untuk EV.

Pertumbuhan di industri graf it, baik sintetis maupun alami, sangat bergantung pada lonjakan ini di tahuntahun mendatang, serta adopsi sektor baru yang mungkin akan muncul dalam waktu dekat.

17


18 PRODUCTIVE CUTS

Entah di sektor teknologi medis atau pembuatan alat dan molding, bengkel mesin sekarang ini dapat memanfaatkan solusi CNC terpadu untuk semuanya, dari konsep perancangan hingga produk jadi. Kontributor Tim Daro, presiden Bernard & Company Editorial

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris Got a Question? Make An Enquiry.

ENQUIRY NUMBER

2001

Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com

DARI CITRA

MENJADI IMPLAN

P

roduksi implan medis sekarang ini melibatkan seluruh rantai proses, dimulai dari dok ter dan diakhiri deng an per ang k at jadi. D ok ter meng gunakan data pencitraan patahan kompleks, yang diakuisisi melalui pemindaian tomografi terkomputasi (CT), untuk memilih implan yang tepat dan memosisikannya di area patahan pasien di komputer. Tentunya, ini hanya bisa dilakukan jika geometri implan sudah tersimpan dalam database, dan dokter memiliki stok implan atau dapat segera menyediakannya dari produsen. Simulasi Rangkaian Pembubutan Dalam bedah plastik, karena implan harus dibuat secara khusus untuk setiap pasien, proses yang digunakan berbeda. Alih-alih

komponen sudah dibubut dari awal, implan dibuat secara khusus dengan bantuan pencitraan 3D. Dalam konteks ini, mesin perkakas dikontrol menggunakan geometri implan. Kontur dan bentuk hasil perhitungan diak ui s i s i o leh p emindaian C T un t uk menghasilkan implan yang benar-benar pas sempurna. Akan tetapi, kelayakan proses produksi yang terencana dapat ditentukan t e r l e b i h d a h u l u d i m o n i t o r, d e n g a n menggunakan (misalnya) simulasi grafis NX CAM dari Siemens PLM sehingga tidak ada potensi tubrukan atau kerusakan pada kontur komponen kerja. Paket Teknologi untuk Milling High-Speed Cutting (HSC) adalah proses


APRIL - MAY 2016 • METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

pembubutan yang pengolahan bahannya berlangsung cepat. Mesin perkakas HSC memiliki spindel berkecepatan tinggi, serta laju pengumpanan yang jauh lebih ting gi dibanding mesin perkakas konvensional. Oleh karenanya, mesin perkaka s HSC memerlukan sistem kontrol dan program komponen yang juga cepat. Solusi-solusi seperti Siemens Sinumerik 840D solution line CNC dirancang khusus sesuai kebu t uhan t ek nolo g i me di s dan pekerjaan HSC komponen presisi. Fungsi-fungsi terintegrasi pada CNC membantu pengguna dalam pengaturan dan pemrograman, sehingga rangkaian produksi bisa lebih cepat dan presisi. Bersama-sama, sistem CNC dan perangkat lunak ShopMill membentuk suatu paket teknologi milling yang memungkinkan operator mesin mengak ses fungsi-fungsi yang diperlukan dengan cepat. Berkat layar fungsi grafis dan dialog input dengan bahasa yang sederhana, siklus dapat digunakan dengan cepat dan efektif setelah pelatihan singkat. Bahkan, kesalahan terkecil sekali pun dapat dikoreksi selama pengoperasian, yakni dengan analisis kinematika multi-axis. Solusi Siemens Safety Integrated semakin melindungi personel dan mesin. Perangkat lunak ini dapat digunakan untuk menghubungkan tombol penghentian darurat dan light curtain (pengaman). Apabila ada kesalahan pengoperasian, gerakan berbahaya akan langsung dihentikan, dan suplai daya menuju motor langsung diputus. Penggunaan Probe Pengukur Produksi sendi lutut tiruan pada HSC 20 linear milling centre buatan DMG Mori misalnya, dapat dikendalikan dan dimonitor penuh oleh sis tem CNC Sinumerik . Deng an berag am fungsinya, milling centre ini sangat ideal untuk sektor teknologi medis. Mesin ini dilengkapi dengan penggerak linear di semua sumbu dan mampu mencapai laju akselerasi melebihi 2g. Mesin ini juga menghasilkan lapisan permukaan hingga 0,2 mikrometer Ra. Spindel pembubutan berpendingin cairan mampu mencapai kecepatan 42.000 rpm, sehingga dapat digunakan untuk berbagai aplikasi sektor medis yang lazim menggunakan bahan-bahan

seperti titanium, kromium-molibdenum, tantalum, dan niobium. Untuk mengha silkan presisi mak simal dalam produk si implan, namun tetap menjaga kualitas produk yang konsisten, pengukuran parametrik harus dilakukan secara terus-menerus dari mesin dan dari komponen kerja. Probe Renishaw misalnya, pada mesin produksi HSC mengukur dimensi alat di dalam proses, mendeteksi patah tidaknya alat, dan digunakan untuk pengaturan dan pengukuran komponen kerja. Di bengkel-bengkel mesin medis saat ini, tingkat penerapan probe ukur yang disasar dapat mengurangi waktu penyiapan hingga 90 persen, dengan tetap meningkatkan kendali proses. Pembubutan ekonomis Komponen logam yang digunakan dalam teknologi medis hampir tidak pernah sederhana. Oleh karena itu,

ketepatan pemilihan alat dapat sangat berpengaruh terhadap kualitas produk jadi. Alat pemotong yang tepat akan memastikan komponen yang keluar dari machining centre benar-benar presisi dan tidak perlu finishing lebih lanjut. Meskipun bahan yang digunakan untuk komponen medis dan ortopedi seringkali sulit dibubut, alat harus m e m e n uh i ke b u t uh a n p e r f o r m a tinggi dalam hal presisi dan kualitas permukaan implan. Salah satu pemasok alat ini yakni Iscar, menawarkan sebuah program yang memantau penggunaan alat presisi pada pekerjaan turning, drilling, milling, dan finishing. Alat ini juga membantu pengguna menilai kualitas performa carbide milling cutter non-vibrasi, yang sangat ideal untuk pembubutan bahanbahan implan, juga dapat memberikan informasi tentang proses pembubutan yang lebih ekonomis dan efisien.

19


20 PRODUCTIVE CUTS

Pasar medis dunia bisa kuat karena beberapa alasan, termasuk fakta bahwa di sana terdapat populasi yang menua dan ini merupakan peluang bisnis untuk sektor manufaktur. Kontribusi oleh Tornos. Editorial

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris Got a Question? Make An Enquiry.

ENQUIRY NUMBER

2002

Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com

Pemesinan Komponen Medis:

Unggul dengan

MESIN BUBUT SWISS

D

i luar per tumbuhan permintaan untuk layanan kesehatan, meningkatnya biaya kesehat an adalah alasan lain mengapa sektor medis merupakan arena bisnis baru yang menarik bagi mereka yang terlibat dalam manufaktur. Asuransi dan penyedia layanan kesehat an mencipt akan tekanan untuk mengurangi biaya dengan meningkatkan produktivitas – dan ini melahirkan peluang

bagi produsen komponen dan perangkat medis yang inovatif. Lebih Untung dengan Mesin Bubut Swiss Ada beber apa s e g men ber beda un tuk sektor medis dan semua ini dapat dilayani meng gunakan proses mesin bubut Swiss. Perangkat kardiologi inter vensi, perangkat ortopedi (bone screw, implan, dan peng gantian sendi), perangkat dan


APRIL - MAY 2016 • METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

Ada beberapa segmen berbeda untuk sektor medis dan semua ini dapat dilayani menggunakan proses mesin bubut Swiss.

peralatan bedah invasif minimal, dan segmen gigi (peralatan dan implan) semuanya memiliki komponen yang dapat dibubut secara ef isien dan menguntungkan dengan mesin bubut Swiss. Pemesinan Mikro Pemesinan mik ro, jenis lain dari mesin bubut Swiss, berguna untuk komponen medis, membutuhkan pola pikir yang tepat dalam hal penanganan komponen dan alat, inspeksi, dan operasi sekunder. Sehubungan dengan pemesinan mikro pada komponen medis, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan: 1. Akurasi mesin: Bahkan dengan perkakas terbaik, jika lokasi posisi tidak akurat , maka itu adalah usaha yang siasia. Dengan demikian, penting untuk mengkalibrasi ulang posisi alat dan memperbarui database.

Proses pemesinan utama lainnya dalam manufaktur komponen medis adalah internal broaching.

2. Run-out: Run-out yang mungkin tampak b a i k- b a i k s a j a u n t u k u k u r a n komponen s t andar mungkin s aja bis a menjadi benc ana di peme sinan mik ro u t ama at au pickoff Collet dan guidebush harus “XP” - ekstra presisi sedangkan collet g aya ER perlu “UP ” ultra presisi. 3. Spindel frekuensi tinggi: Hal ini penting untuk drilling atau milling fitur kecil menjadi bagianbagian dan mencapai permukaan, akurasi, dan masa pakai alat yang diinginkan. Contohnya, melakukan drilling lubang 0,2 mm dalam bahan s t ainle s s , memer luk an 11. 50 0 rpm. Tapi jika alatnya dilapisi TiN (Titanium nitrida – bahan keramik keras yang sering digunakan sebagai eksterior non-toksik untuk implan medis), maka perlu 19.000 rpm. Sebagian spindel (seper ti dari IBAG, NSK, Meyrat dan lainnya) dapat mencapai kecepatan lebih dari 150K. Spindel dapat dipasang dalam berbagai cara di mesin untuk memenuhi kebutuhan spesifik. Bagian ini mencakup f itur yang dibuat deng an spindel frekuensi

tinggi dan spindel yang dipasang pada penyangga. Internal Broaching Proses pemesinan ut ama lainnya dalam manufaktur komponen medis adalah internal broaching. Penting untuk membeli alat broaching yang tepat. Proses broaching yang sesungguhnya dilakukan seperti ini: 1. Dalam persiapan untuk proses broaching, perlu untuk membuat lubang percontohan.

2. Tergantung pada konfigurasinya, mungkin perlu untuk menghilangkan bahan untuk sudut dengan endmill kecil. 3. Chamfer 90 deg pada lubang juga diperlukan. Hal ini untuk mencegah titik mengalami chipping setelah mema suk i p o tong an . Ini jug a m e mun g k ink an b r o ac h un t uk mengikuti garis tengah. 4. Terg antung pada ukuran chip, deburring mungkin diperlukan.

21


22

METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA • APRIL - MAY 2016

Thread whirling sering digunakan untuk bone screw karena tantangan khasnya: rasio panjang ke diameter yang panjang.

Rotary Broaching Wo bb le (a t au r o t ar y) br o ac hin g menggunakan alat dengan bentuk mirip dengan bentuk akhir kecuali bahwa itu diberi ground dengan sela. Sumbu alat biasanya miring 1 derajat dari sumbu kerja. Saat broach berotasi, broach ditekan pada benda kerja. Dengan kemiringan 1 derajat, tepian utama alat mengalami “wobbles” sesuai dengan benda kerja. Dalam hal ini ada beberapa panduan yang harus diikuti:

3. Secara umum, wobble broaches tidak memotong seakurat punch broach sehingga penggunaannya harus ditentukan oleh aplikasi.

rasio panjang terhadap diameter yang panjang; bentuk ulir helix buttress yang dalam dan tinggi; dan perbedaan ekstrem antara diameter besar dan kecil. ID thread whirling sangat baik untuk memproduksi kontur ulir yang bersih, bebas burr. Tidak ada serpihan sisa yang dibuat. Dan memunginkan untuk mengulir tepat hingga ke bagian dasar lubang. Thread whirling dapat menghasilkan ulir sekecil M1.4. Alternatif untuk thread whirling termasuk: die head (yang tidak bisa di g un ak an un t uk b ah an s e p e r t i tit anium; thread milling (yang memerlukan pre-turning, pemotong khusus, dan dalam beberapa kasus, penyangga khusus; single point turning (baik untuk short screw – tapi long screw perlu penyangga), thread rolling (yang membutuhkan pre-turning akurat dan tidak dapat digunakan untuk ulir bergaya “but tress” dengan bahan keras), dan grinding (yang tidak dapat dikerjakan pada mesin bubut Swiss). Beberapa pertimbangan khusus terkait thread whirling yang perlu diperhatikan adalah:

Thread Whirling Thread whirling, umumnya digunakan untuk memotong ulir berbentuk khusus dalam bahan yang sulit-untuk-dibubut dengan keterbatasan jauh lebih sedikit daripada pilihan pemotong ulir lainnya. Thread whirling sering digunakan untuk bone screw karena tantangan khasnya:

1. Sisipan sirkuler yang digunakan pada thread whirler adalah custom g round . Jik a p el ang g an t idak memiliki sarana atau keinginan untuk mengasah ulang sisipan sirkuler, mereka dapat memilih cutter head yang menggunakan sisipan indexable.

1. Jika alat miring 1 derajat, maka sisi alat harus memiliki sudut sela minimal 1 derajat.

2. Idealnya , alat maju pada laju yang sama dengan gerakan memotong ny a . Mis alny a , al at berdiameter ½” harus maju pada laju 0,022 per rev. (1/2 x sin (1º) = feed

2. Pengukur pengaturan menempatkan sisipan di sudut yang tepat sebelum menguncinya ke head. 3. Cutter head dipasang ke unit thread whirling. 4. Unit thread whirling dipa sang ke mesin pada sudut helix yang tepat dengan menggunakan skala bertanda. 5. Alat berotasi dengan kecepatan sangat tinggi. 6. Rotasi komponen bergantung pada ulir kiri atau kanan. Gun Drilling B one s cre w c annul a t e d (a t au berong ga) mengandung ruang yang memungkinkan bone marrow untuk tumbuh dan memf a silit a si penyisipan pin pemandu untuk bone screw digunakan dalam fiksasi f r a k t u r. D e n g a n m e n i n g k a t n y a pes anan cannulated bone screw, b an y a k b e n g ke l m e mb e l i b a h a n cannulated. Alternatifnya adalah gun drilling yang memungkinkan sekrup medis jenis ini dibuat secara ef isien dari bahan batang keras yang mencakup drilling kualitas tinggi, penghilangan chip yang baik, proses yang tinggi, run out minimum, dan rasio panjang ke diameter yang besar.


Trumpf

SHEET METALWORKING 23

MENGHASILKAN LUBANG yang Tepat

M

Konsep punching menentukan proses slitting, yakni sebuah lembaran dipotong dalam satu hentakan untuk menghasilkan bentuk seperti lubang bulat dalam komponen, dan kontur luar dipotong dengan satu hentakan. Spesialis punching, Trumpf, memaparkan metode-metode dan inovasi punching.

esin punching bekerja layaknya al a t p e lub an g ke r t a s . A l a t pelubang menekan ker tas ke penopang sehingga terbentuklah lubang bulat.  Serpihan dari proses pelubangan ini dikumpulkan dalam wadah hasil pelubangan. Mesin punching menggunakan sistem kerja yang sama:  lembaran diletakkan di

antara alat punching dan die (cetakan). Alat punching ber gerak ke bawah dan menembus ke dalam die. Bagian tepi alat punching dan die saling melewati secara paralel sehing ga memotong lembaran. Secara det ail , proses punching terdiri dari empat tahap. Ketika alat punching menyen t uh lemb ar an , lemb ar an ak an berubah bentuk (deformasi). Lalu, lembaran

Editorial

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris Got a Question? Make An Enquiry.

ENQUIRY NUMBER

2101

Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com


METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA • APRIL - MAY 2016

tersebut terpotong. Kemudian, tegangan di dalam bahan sedemikian besarnya sehingga lembaran patah mengikuti kontur potongan. Bagian lembaran yang sudah terpotong (atau disebut slug) dilontarkan ke bawah. Ketika alat punching naik lagi, ada k alany a lembar an ini tet ap ikut .  Jika ini terjadi, digunakanlah alat pelepas (stripper) untuk melepaskan lembaran dari alat punching. Semakin tinggi gesekan potongan pada tepi lembaran, semakin baik kualit a s bagian tepinya. Untuk m e n g h a s il k a n b e n t uk y a n g p a s , dibuatlah lubang awal terlebih dahulu , bar u diiku t i pelubang an diameter akhir deng an alat yang lebih besar.  Pecahan potongan di sepanjang bagian tepi tersebut bisa mencapai 100 persen. Namun kini, teknologi punching telah berkembang sedemikian pes at sehing g a def inisinya tidak hanya “membuat lubang di sebuah lembaran”. Peng guna merancang berbagai langkah terlebih dahulu, lalu menggabungkan (atau menghindari) pro s e s s ek under p ada hen t ak an pertama punching head! Per t anyaan umum yang harus dijawab oleh pengguna adalah:

Trumpf

24

akan jatuh di antara bundel serat dan bukannya di permukaan yang bergeser, ser ta mencegah berpindahnya par tikel ke lembaran berikutnya. Masih, keunggulan lain dari meja sikat adalah berkurangnya tingkat kebisingan selama produksi!

- Bagaimana cara untuk menghindari goresan pada bahan? - Bagaimana cara untuk menghindari deformasi bahan? • - Bagaimana cara untuk menggabungkan proses sekunder ke dalam proses punching? Menghindari Goresan pada Bahan • Penggunaan meja sikat Dasar pemrosesan bebas goresan adalah penggunaan meja sikat. Sikat ini menjadi penopang lembut bagi lembaran sehingga t idak terjadi gores an. Selama pemosisian, lembaran akan m e lun c ur di a t a s s ik a t , y an g karena ukuran panjangnya akan menekuk sesuai arah gerakan. Keung g ul an l ain dari meja sikat ini adalah, partikel kotoran

Solusi khusus untuk alat punching Perlindungan alat punching juga akan melindungi lembaran ketika bahan berinteraksi selama proses punching. Misalnya, bantalan polietilena rekat yang melekat sendiri dan sudah dibentuk sebelumnya dapat ditempelkan ke die, stripper, dan ring tengah untuk menceg ah gores an. B ant alan rekat ter sebut menjadi solusi yang sederhana dan ekonomis un t uk mening k a t k an k ual i t a s permukaan komponen kerja. Penggunaan stripper berpelapis khusus dapat menghilangkan bekas pada bahan. K arena permuk aanny a

yang mulus dan kebal kotoran, pelapis ini juga tahan aus d an m e n ce g ah m e n e mp e l n y a serpihan kasar bahan. •

Solusi die khusus Die (ce t ak an) punching dapat dil indung i deng an (mis al ny a) Ampco. Ampco adalah aloi lunak yang mencegah goresan di bagian bawah lembaran karena efek ny a y ang ber sif at lembut dan meluma si. Ut amany a lag i jika digunakan ring tengah, solusi Ampco menawarkan hasil mengagumkan dalam pencegahan goresan. Cara lainnya lagi untuk mengurangi goresan adalah menggunakan insert sikat dalam die dan ring tengah. Karena hanya 1mm lebih tinggi dibanding tepi al at bag ian at a s , ins er t sik at mencegah kontak langsung antara permukaan alat dan lembaran yang akan diproses. Jika Anda menginginkan pengerjaan punching dan forming yang beba s goresan, die jenis


Trumpf

APRIL - MAY 2016 • METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

m e nur un (d e s ce n din g di e) patut menjadi pilihan. Die ini direndahkan selama pemosisian sehing g a t idak terjadi kont ak logam dengan logam ant ara lembaran dan die - entah selama proses punching atau pun forming. Oleh karena itu, tidak ada lagi bahaya terjepit ketika melakukan proses forming menurun. Die aktif menawarkan semua keung g ul an y ang dimil ik i die menurun, sekalig us ber fung si sebagai punching head kedua yang bisa melakukan hentakan forming ak tif dari bawah. Kemampuan ini memperluas pilihan strategi p emros e s an dan p eng g unaan alat, serta memungkinkan ukuran dan ketinggian forming yang baru. Lembaran tidak lagi diangkat oleh alat , tet api direbahkan dalam kondisi datar di atas mesin. Dengan

•

Deformasi akibat perforasi Punching terhadap logam lemb ar an meng ha sil k an g ay a kompresi dan gaya t arik pada komponen kerja sehingga menimbulkan deformasi. Dalam proses punching s t andar, alat punching menarik bahan ke dalam lubang ketika ia menembus lembaran. Itu akan menimbulkan tekanan kompresi, lalu tekanan tarik ketika alat punching ditarik. Bahan mengalami deformasi terutama ketika kita mengerjakan logam lembaran low-gauge yang banyak lubangnya. Ha silnya, lembar an ber gelombang y ang harus diratakan di mesin tersendiri agar dapat diproses lebih lanjut. Dengan perataan terintegrasi, langkah ini tidak diperlukan lagi k ar ena p er a t a an t er in t e g r a si menghasilkan tekanan berlawanan. Panel logam lembaran yang dihasilkan akan lurus, sehingga seluruh proses pengerjaan menjadi lebih cepat. Komponen sentral dalam p er a t a an t er in t e g r a s i adal ah alat punching buat an Trumpf. Sebuah die cembung dan stripper cekung berlapisan khusus m e m a s t ik an lo g am le mb ar an yang dihasilkan tidak mengalami deformasi. Die cembung menekan logam lembaran dari bawah yang ter tuju ke s tripper ; di tahap ini, logam lembaran akan mengalami overbending (bengkok berlebihan). Kemudian, stripper cekung memberi tekanan balasan ke logam lembaran, diangkat oleh die cembung, lalu kembali turun di tepi die. Overbending bahan menghasilkan tekanan balasan yang mengimbangi tekanan kompresi dan tekanan tarik dari proses punching. Dengan cara ini, tekanan diseimbangkan dan lo g am lemb ar an t e t ap dal am wujud datar ketika keluar dari mesin.

•

Deformasi akibat regangan Lembaran dapat mengalami deformasi akibat regangan oleh alat punching dan die di dekat opera si punching. Regangan

demikian, forming dapat dilakukan lebih dekat dengan klem sehingga tingkat pemanfaatan bahan pun lebih tinggi. Menghindari Deformasi Bahan Ketika membeli lembaran, tingkat kemerataannya ditentukan menurut s t andar DIN EN 10051 at au DIN EN 10029. Deformasi dapat terjadi ketika lembaran dibubut pada mesin punching. Tingkat deformasi akan ber tambah seiring ber tambahnya jumlah operasi punching terhadap lembaran. Ini akan menimbulkan ke r u g i a n d a r i s e g i k u a l i t a s d a n akurasi, memerlukan f inishing u l a n g ( p e l u r u s a n) , d a n (d a l a m kasus ekstrem) menimbulkan risiko tubrukan antara lembaran dan alat yang terjadi di mesin. Karena itulah, lembaran harus selalu sedatar mungkin selagi dibubut.

25


26

METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA • APRIL - MAY 2016

ini tidak menyebar ke seluruh lembaran. Selama proses punching, bahan “dimampatkan” oleh alat punching dan die, sampai kapasitas punching membuat slug menembus die. Akan tetapi, gaya re g ang an dar i “p emamp a t an” tersebut tetap bekerja di area lembaran, sehingga menimbulkan deformasi. Seper ti yang ditunjukkan oleh hasil pengujian di Trumpf, lemb ar an b er ub ah da t ar l ag i jika area regangan (sekitar 1 mm untuk lembar an berketebalan 2 mm) dib er sihk an deng an laser cutting. 1 Lembaran 2 Alat punching 3 Tegangan, slug 4 Tegangan, komponen kerja 5 Die

Strategi untuk Mengurangi Deformasi Pemilihan alat punching dan die yang tepat: Alat punching harus digerinda hingga sangat tajam jika gaya punching (dan deformasi) ingin dikurangi. Hasil yang dicapai akan lebih baik lagi jika menggunakan Whispertools. Hasil pengujian telah menunjukkan bahwa jarak bebas yang terlalu kecil dan terlalu besar antara alat punching dan die akan menimbulkan deformasi yang besar. Namun, die yang ideal untuk meminimalkan deformasi lembaran bisa saja (dalam situasi yang tidak menguntungkan) menimbulkan duriduri di tepi lembaran.

Penggunaan shim: Die berukuran 1 yang dilengkapi ring tengah dilandasi dengan shim sekitar 0,3mm

1 Penyela 2 Die (ukuran 1) 3 Ring tengah Untuk meningkatkan efek ini, Anda dapat: • Melandasi die dengan shim lebih dari 0,3mm • Menggunakan stripper yang lubangnya >60 (diameter die ukuran 1). Akan tetapi, ini hanya disarankan untuk lembaran yang ketebalannya >2 mm; jika gaya stripper tidak mencukupi, bahan dapat tertarik ke depan ketika alat punching naik

Dalam pemrosesan lembaran konvensional seperti diperlihatkan dalam Gambar 5449 (Alat slitting dengan kaki press aktif), deformasi yang ditimbulkan adalah sekitar 10mm.

Ketebalan bahan s: 2,5 mm Bahan: Aluminium Alat punching: Persegi 10 mm

Tingkat deformasi akan bertambah seiring bertambahnya punching yang diperlukan. Dengan demikian, deformasi akan bertambah jika: - Bahan tebal - Bahan keras (baja tahan karat) - Die terlalu kecil atau terlalu besar - Alat tumpul •

Deformasi akibat pembengkokan Penyebab lain dari deforma si adalah pelengkungan lembaran ant ar a alat punching dan die selama pembubutan. Sekali lagi, ini menimbulkan regangan.

Sementara itu, jika potongan dilubangi lebih dahulu dengan alat punching persegi 8mm lalu baru diikuti dengan alat slitting, deformasi yang dihasilkan hanya sekitar 5 mm.

Penggunaan kaki press: Deformasi lembaran dapat dikurangi dengan peng gunaan kaki press (stripper), karena kaki press menahan lembaran tetap datar selagi dibubut. Pelengkungan di atas lembaran: Metode ini memperkuat efek kaki press aktif. Caranya, kaki press (stripper) melengkung sedikit di atas die. Dalam prosesnya, lembaran “diluruskan” oleh stripper yang sedikit melengkung di ujung-ujung terluarnya. Stripper yang digunakan dalam metode ini adalah jenis yang datar, dengan jarak bebas yang normal antara alat punching dan stripper (sekitar 1–2 mm). F Gaya kaki press 1 Lembaran 2 Die 3 Stripper 4 Alat punching

1 Lembaran 2 Die 3 Alat punching

1 Stripper dengan diameter lubang < 60 mm 2 Stripper dengan diameter lubang > 60 mm F Gaya kaki press

Penyikuan die (chamfering): Jika die tidak dapat dilandasi dengan shim (misalnya pada die ukuran II), maka dapat dilakukan penyikuan hingga membentuk piramid.

1 Siku baru

Die digerinda 0, 3 mm deng an bantuan mesin penggerinda alat. Dalam proses ini, die di-shim dalam adaptor penggerinda di satu sisi, dan area selain 3–5 mm di sekeliling lubang die digerinda; kemudian, die diputar 90° dan digerinda lagi di posisi tersebut. Hasilnya adalah die dengan empat permukaan yang menyiku merata.


APRIL - MAY 2016 â&#x20AC;˘ METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

Trumpf

2. Ulir Pembuatan ulir dalam lubang hasil punching atau ekstrusi disebut dengan tapping. Ketika digunakan alat tapping, pembentukan ulang ini dapat dilakukan langsung di mesin. Tidak ada serpihan apa pun karena bahan digeser dan bukannya dipotong. Keung gulan: Proses pergeseran itu sendiri memberikan kekuatan besar pada ulir.

Trumpf

3. Ulir di permukaan depan Sambungan yang kerap ditemukan dal am kon s t r uk si r umah dan pabrik adalah sambungan yang meng gunakan sekrup logam lembaran di permukaan luarnya. Sambungan tersebut dapat berbentuk sekrup logam lembaran atau ulir metrik.

-

Aplikasi Trumpf Punch Guide Aplikasi baru PunchGuide dari Trumpf mempermudah perhitungan punching . P er u s aha an t ek nik mesin yang berlokasi di Ditzingen, Jerman itu menanamkan berbagai keahlian mereka di bidang teknologi punching ke dalam aplikasi praktis yang dirancang untuk smartphone atau PC tablet. Aplikasi PunchGuide membuat para pengatur jadwal pekerjaan, i n s i n y u r, d a n o p e r a t o r b i s a m e n g o n f i g u r a s i p a r a m e t e rparameter penting dari ujung jari mereka. Aplikasi ini menawarkan dukungan untuk berbagai perhitungan seperti gaya punching, jarak bebas pemotongan, diameter sebelum punching, panjang tepian mak simal , pemilihan s tripper, perhitungan untuk konversi ketebalan logam lembaran, dan bobot lembaran. Kita juga dapat dengan mudah memilih hasil dalam satuan metrik atau imperial. Untuk mencapai hasil yang lebih cepat lagi, pengguna dapat menyimpan data mesinnya sendiri di dalam aplikasi. Aplikasi seluler ini tersedia dalam versi bahasa Jerman, Inggris, Prancis, Italia, Spanyol, Ceko, dan Tiongkok . Aplikasi ini tersedia secara gratis untuk iOS dan Android, serta dalam versi web.

-

Integrated Tool Management Dengan sistem Integrated Tool Management baru, pelanggan dapat lebih menata alat-alat punchingnya deng an baik , dan mengurangi durasi pencarian alat dan penyiapan mesin. Caranya, sistem akan menghubungkan komponenkomponen yang digunakan dalam proses penyiapan (termasuk mesin dan alat gerinda buatan Trumpf) ke database pusat, lalu alat dikelola di sana dengan kode matriks data.

Trumpf

1. Ulir logam lembaran Pembentukan ulang khusus diperlukan bagi persiapan banyak lembaran untuk dikencangkan dengan bantuan sekrup logam lemb ar an . A l a t punching ul ir digunakan terutama untuk logam lembaran yang tipis. Lubang dibuat pada tahap pertama, lalu diikuti dengan pembentukan ulir.

dipotong, fase pembentukan hanya memerlukan satu hentakan dengan satu alat. Lengkungan engsel sempit juga membuat rancangan menjadi fleksibel. Inovasi Lain yang Patut Dibahas: - Punching bebas kerangka (menghemat bahan)

4. Sambungan klik Sambungan klik menggabungkan p an e l-p an e l lo g am lemb ar an dengan mudah dan tidak memerlukan alat atau bantuan lain. Braket dengan bos tengah yang sangat kecil dihasilkan di dalam logam. Panel yang berpasangan lantas diselipkan ke dalam celah di braket. â&#x20AC;&#x153;Klik dan siap.â&#x20AC;?

Trumpf

Trumpf

Menggabungkan Proses Sekunder ke dalam Proses Punching Meningkatnya tuntutan dalam pemrosesan logam lembaran memicu kebutuhan akan opsi-opsi penggabungan teknik yang lebih luas. Dengan alat yang tepat , berbagai jenis konektor dapat dibuat di mesin punching dan mesin kombinasi. Dari fitting sekrup logam lembaran pada permukaan depan hingga sambungan klik dan bahkan proses sekunder sambungan berengsel dalam produksi dapat dikombinasikan dengan proses punching awal.

5. Engsel Engsel sering digunakan untuk komponen yang perlu dipindah setelah perakitan. Engsel dapat dib en t uk t o t al m en g g unak an dua alat forming, atau dibentuk dalam paruhan engsel (seper ti dalam contoh ini). Dalam lembar eng sel ter sebut , setelah area

27


28 SHEET METALWORKING

Efisiensi & Keberlanjutan dalam Mesin Pengerjaan Logam Lembaran:

AGAR LEBIH RAMAH LINGKUNGAN

Industri pengerjaan logam lembaran global adalah pengguna utama energi dan biaya listrik lebih mahal setiap tahun. Paul Hillam, area export manager, SafanDarley, memberi tahu kita tentang tren pengurangan energi di bidang pengerjaan logam lembaran.

Editorial

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris Got a Question? Make An Enquiry.

ENQUIRY NUMBER

2102

Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com


APRIL - MAY 2016 â&#x20AC;˘ METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

S

aat ini, produsen besar sedang mengembangkan sis tem ag ar lebih e f isien dengan biaya operasi yang lebih rendah, produk tivit a s yang lebih tinggi, dan pemeliharaan yang lebih rendah. Sebuah perusahaan modern dapat didefinisikan tidak hanya oleh produknya tetapi juga oleh sikapnya terhadap konser vasi energi, keberlanjutan, dan tanggung jawab sosial . Pelang gan dan mungkin mas yarakat setempat berharap agar produsen memiliki pendekatan positif dan proak tif yang akan membantu mendef inisikan diri mereka lebih baik daripada yang lain. Dengan ini, diharapkan produsen juga akan menghasilkan komponen yang lebih baik dengan biaya yang kompetitif. Meng ur ang i kon sum si ener g i, penggunaan oli dan kebisingan yang berbahaya bagi lingkungan, semua berkontribusi untuk dunia yang lebih b aik . Sudah ter l alu l ama or angorang berasumsi bahwa semua press b r ake s dan g uil lo t in e s m e mil ik i kebutuhan energi, produk tivit a s , dan biaya pemeliharaan yang s ama. Ini pola pikir yang perlu penyesuaian. Ke t ik a m e m b e l i s i s t e m l a s e r a t au pun c hin g , p emb e l i me l iha t deng an cermat semua bidang ini sebelum membuat pilihan berbasis informasi. Harga pembelian hanya satu bagian dari persamaan karena kinerja dan produk tivitas dari sis tem dapat memiliki efek lebih besar pada pengembalian investasi. Jadi sekarang saatnya untuk menggunakan proses pengambilan keputusan yang sama ketika memilih mesin lainnya. Press Brake Era electric press brake kini benarbenar sudah ada di sini. Memimpin pada per tengahan 1990-an adalah perusahaan pengerjaan logam lembaran, S af anDar ley dan l ain-l ain mul ai mengikuti langkah mereka di bidang ini. Banyak versi yang tersedia termasuk ball screw drive dan sistem hybrid, tapi yang paling sukses tanpa diragukan lagi adalah saku berpenggerak servo dan mesin pulley.

Saat Anda memprogram, menyetel alat, mengumpulkan bahan, breaks diam â&#x20AC;&#x201C; ini semua membuang energi pada mesin hidrolik dan dengan mesin elektrik servo energi justru disimpan.

Ada banyak ma salah dengan t e k n o l o g i l a m a s i s t e m h i dr o l ik . Sistem tersebut sangat tidak efisien deng an biaya energi yang ting gi, biaya pemeliharaan yang tinggi, dan produk tivitas yang rendah, selain alasan lainnya. Lantas dalam apa servo driven belt dan sistem katrol lebih baik? Per tama, dalam sis tem ini, kebutuhan energi berkurang drastis.

Setelah mesin hidrolik diak tif kan, pompa berjalan dan menggunakan energi, oli ini memanas dan begitu pula bengkel kerja, meskipun tidak benar-benar terlibat dalam pembengkokan. Dengan mesin elektrik s er vo, me sin hany a benar-benar menggunakan daya ketika membuat sebuah pembengkokan dan bahkan saat itu biasanya akan

29


30

METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA â&#x20AC;˘ APRIL - MAY 2016

Dari perspektif energi, guillotine shear memiliki masalah yang mirip dengan press brake dalam hal kondisinya yang harus aktif sepanjang hari dan bahkan di lingkungan produksi tinggi tidak selalu memotong setiap saat.

mengenakan biaya ting gi untuk beban semacam itu. Grafik di bawah ini menunjukkan perbandingan ketika pres s brake beroperasi secara ak tual. Selama periode stand-by â&#x20AC;&#x201C; yang bisa mencapai 90 persen karena masa jeda, pemegangan lembaran, dan pergantian â&#x20AC;&#x201C; press brake elektronik bisa menghemat 3.000 kWh per tahun. Data ini berdasarkan tipikal 8 jam giliran k erja: Total penghematan: 63 persen Sabuk elektrik servo & ulley E-brake 100 T / 3100 mm Stand-By

1.0 A

x 4 jam

4.0 A

Bending stroke 12.6 A

x 2 jam

25.2 A

Return stroke

x 2 jam

2.0 A

1.0 A

Total harian 31.2 A

Data konsumsi energi diambil dari press brake hidrolik 120 T / 3100 mmw Stand-By

8.6 A

x 4 jam

34.4 A

Bending stroke 17.0 A

x 2 jam

34.0 A

Return stroke

x 2 jam

17.2 A

8.6 A

Total harian 85.90 A

meng gunakan lebih sedikit energi dibandingkan mesin hidrolik. Saat t idak mel akuk an pembeng kok an, ener g i y ang dig unak an hany al ah untuk menjalankan PC & PLC (mesin pembengkokan pipa). Berapa Pembengkokan Per Hari? Saat Anda memprogram, menyetel alat, mengumpulkan bahan, breaks diam â&#x20AC;&#x201C; ini semua membuang energi pada me sin hidrolik dan deng an mesin elek trik ser vo energi justru disimpan. Bagi sebagian besar

perusahaan, energi yang terbuang lebih dari 50 per s en. Di beng kel kerja, hing ga 90 persen wak tu operasi press brake bukanlah membengkokkan melainkan memegang produk , memprogram, menyetel alat, dan persiapan umum. Mematikan drive dari mesin hidrolik tampaknya menjadi alternatif yang cocok , tapi setiap kali Anda menjalankannya lagi maka pompa membutuhkan lonjakan lis t rik bes ar 20 kali arus normal dan banyak perusahaan lis trik

Press-Brake Baru Operasi di Kondisi Lingkungan Identik Semakin ting gi tonase mesin hidr o l ik , s e m ak in b e s ar p o mp a , maka semakin besar konsumsi energinya. Ini berar ti lebih banyak penghematan pada sistem Elektrik Ser vo yang beratnya bisa mencapai 300 ton. Ada juga pembaha san mengenai emisi gas CO2. Menghitung dari konsumsi energi mesin (kWh) ke emisi CO2 (kg) tidaklah mudah, karena bergantung pada pemasok ener g i s e tempat , ber apa t ing k at emisi CO2 mereka. Misalnya, di banyak negara, emisi CO2 bis a ber varia si ant ara 0 hing ga 500+ gr/kWh. Generator energi hidrogen angin atau air bisa memiliki nilai emisi 0 dan pemasok energi kokas atau gas dapat memiliki nilai emisi lebih dari 500 gr/kWh. Jika kita mengambil nilai tipikal (422 gr/kWh) dan rata-rata konsumsi energi dari press-brake elektrik 80150 ton dalam operasi giliran kerja tunggal, Anda bisa membuat asumsi berikut:


APRIL - MAY 2016 â&#x20AC;˘ METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

- Emi s i CO 2 un t uk p r e s s b r ake e le k t r ik 8 0 t o n a d a l a h 2 . 2 0 0 (kWh) x 422 = 928 kg per tahun. - Emi s i CO 2 un t uk p r e s s b r ake hi dr o l ik 8 0 t o n a d al ah 5 . 0 0 0 (kWh) x 422 = 2.110 kg per tahun. - Emi s i CO 2 un t uk p r e s s b r ake elektrik 150/200 ton adalah 3.960 (kWh) x 422 = 1.671 kg per tahun. Jadi , p eng ur ang an CO2 un t uk press brake elek trik dengan kapa sit a s 80 ton dibandingkan dengan press brake hidrolik 80 ton adalah = 1.182 kg per tahun. Itu lebih dari 55 persen. Bagaimana Pemeliharaan Press Brake? Sebagian besar fokus ada pada sistem hidrolik yang berar ti mengganti oli, seal, f ilter, katup â&#x20AC;&#x201C; mesin elektrik ser vo tidak memiliki ini semua, jadi manfaatnya sangat jelas. Selain itu, waktu yang biasanya disisihkan untuk pemeliharaan dapat digunakan untuk produksi dan hanya ada oli yang berbahaya untuk lingkungan yang harus dibuang. Semakin Produktif dengan Sistem Elektrik Servo Mari kita gunakan analogi dengan mobil b al ap F1 . B eb er ap a mobil memiliki kecepat an puncak lebih t in g g i dib an din g y an g l ain , ja di mobil itu lebih hebat di trek lurus yang panjang. Akan tetapi, sebagian besar balapan berlangsung di trek berliku dengan banyak tikungan dan trek lurus pendek, sehingga mobil cepat itu tidak pernah mencapai kecepatan puncak. Oleh karena itu, kecepatan berakselerasi saat keluar dari tikungan dan kemampuan rem s aat mema suki tikung an menjadi lebih penting. Seper t i itu pul alah kelebihan sistem elek trik ser vo karena memiliki akselerasi dan deakselerasi lebih baik dibandingkan mesin hidrolik . Semakin besar mesin, semakin lambat hidroliknya. Sistem elektrik ser vo dapat meningkatkan produktivitas hingga 30 persen. Sekarang memungkinkan untuk membeli sabuk elek trik ser vo dan

mesin pulley hing ga kapasitas 300 ton. Jadi f itur utama dari press brake elek trik terma suk sis tem ser vo peng gerak lis trik , peningkat an produk tivitas, akurasi ting gi k ar ena si s t em s abuk dan pulle y mendistribusikan kekuatan pembengkokan ke seluruh panjang pembengkokan, konsumsi daya lebih rendah, hampir tidak ada pemeliharaan yang diperlukan dan tidak ada oli yang berbahaya. Melakukan Pemotongan: Guillotine Shear Sebagian orang mungkin terkejut, tapi guillotine biasanya meng gunakan energi lebih banyak dibandingkan press brake. Meskipun banyak perusahaan memotong dengan l a s er a t au punc h dar i lemb ar an penuh, masih belum ada cara yang lebih efisien dan hemat biaya untuk memotong re g ul ar shaped bl ank dibandingkan metode shearing. Dari perspektif energi, guillotine shear memiliki masalah yang mirip deng an pres s br ake dalam hal ko n di s in y a y an g har u s ak t i f sepanjang hari dan bahkan di ling kung an produk si t ing g i t idak selalu memotong setiap saat. Dalam peng gunaan normal dengan ratarata penggunaan 80 persen wak tu kerja, guillotine tidak benar-benar memotong. Banyak waktu digunakan untuk memuat dan membong k ar, membuat penyesuaian dan pemrograman. Salah satu cara mengat a si ini adalah dengan sistem hibrid untuk gerakan memotong. Dalam sistem hibrid, pompa hanya bekerja ketika sinar pemotong bergerak sehingga konsumsi energi diminimalkan ketika tidak memotong. Dalam mode standby ini, konsumsi daya terjadi hanya ketika menjalankan kontrol. Manf aat t ambahanny a adal ah bahwa sis tem ini biasanya hanya membutuhkan sekitar 22 liter o l i d ib a n d in g k a n d e n g a n m e s in konvensional yang perlu 150 -200 liter oli. Hal ini menghasilkan pemeliharaan yang berkurang dan sederhana dan lebih sedikit meng gunakan oli yang membahayakan lingkungan.

Manfaat menggunakan sistem drive hybrid. Shear dengan sistem drive hidrolik konvensional

Guillotine shear dengan sistem drive hibrid

Arus standby (sistem drive berjalan, tanpa gerakan memotong)

7.6 Amp.

1.1 Amp.

Konsumsi energi

4.575 kWh

0.662 kWh

Penghematan energi Satu tahun (40 jam per minggu, 45 minggu, 80 persen waktu tanpa gerakan memotong)

7.043 kWh/ tahun

Laser Fiber Dibandingkan dengan laser CO2, laser fiber dengan efisiensi konversi laser tinggi menggunakan listrik yang lebih hemat. Biaya listrik selama standby biasanya dapat berkurang sekitar 70 persen selain biaya relatif gas cadangan juga berkurang. Sis tem ini jug a membutuhkan pemeliharaan yang jauh lebih sedikit. Dengan sistem Laser CO2, s i s t e m o p t ik t e r dir i dar i s i s t e m cermin yang membutuhkan periode pembersihan dan penggantian. Laser f iber menggunakan f iber optik sehing ga tidak memerlukan p em e l ihar a an a t au p en g g an t ian cermin. Fitur utamanya termasuk: - - -

Efisiensi lebih baik Pemeliharaan minim Bahan habis pakai lebih sedikit

Servo Electric Punching Systems L ang k ah awal pengenal an punch press elektrik servo terjadi pada akhir 1990-an. Sistem punching elek trik servo menggabungkan hemat energi dan produktivitas. Pembelian sis tem punching elektrik adalah situasi yang sama-sama menguntungkan bagi pengguna dan untuk pembangunan berkelanjutan karena meng g abungkan ef isiensi manufaktur dengan produktivitas. Singkatnya, jelas bahwa efisiensi energi dan keberlanjutan akan berada di garis depan pengembangan produk untuk produsen yang lebih inovatif.

31


32 TECH ZONE

Sistem Mesin Vending Lanjutan:

Bersiap untuk

PENINGKATAN PRODUKTIVITAS Selama lebih dari dua dekade, mesin vending industri telah menyediakan sarana alat penyimpanan yang layak di seluruh dunia. Raoul Rapke, Director CTMS Division, IMC Group berbagi pandangannya dengan APMEN.

Jenis sistem yang tersedia bervariasi dari mesin gaya helix dasar yang dirancang untuk tugas pasokan dan pengisian ulang sederhana, hingga sistem highend canggih dengan perangkat lunak, seperti Matrix.

Editorial

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris Got a Question? Make An Enquiry.

ENQUIRY NUMBER

2201

Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com

S

elama lebih dari 20 tahun, mesin vending industri telah menyediakan sarana penyimpanan dan pengeluaran alat habis pakai secara ef isien. Meskipun AS adalah negara pertama yang serius mengadopsi sistem yang memudahkan ini, selama dua dekade terakhir penggunaannya telah menyebar luas di seluruh industri global. Saat ini ada puluhan ribu unit yang digunakan. Penggunaan sistem vending yang canggih terus tumbuh seiring pengguna potensial menyadari beberapa manfaat yang diberikan. Pun dengan perusahaan multinasional yang melakukan diversifikasi basis manufaktur geograf isnya, sejumlah prak tik terbaik, termasuk pengeluaran alat pemotong secara efisien ke bengkel kerja, cenderung bermigrasi melintasi perbatasan. Mesin vending industri, seperti Matrix, membawa banyak manfaat untuk penyedia alat pemotong, khususnya distributor atau integrator, dan pengguna akhir. Penjual sangat bersemangat memberi pelanggan mereka dengan akses mudah dan andal ke produk mereka sebagai jaminan bisnis yang berulang, dan berharap dapat meman f a a t k an p eluang p er t umbuhan potensial. Mesin vending terletak strategis di bengkel kerja membantu untuk menstabilkan

hubungan bisnis antara pelanggan dan vendor dan membantu untuk memastikan bisnis tidak kalah dari pesaing yang memberikan alat pemotong dengan cara tradisional yang kurang nyaman. S edang k an pembeli menc ar i untuk menjamin ketersediaan instan alat untuk m e m a s t ik a n b a h w a p r o duk s i m e r e k a tidak berhenti. Selain itu, mereka melihat penerapan sistem mesin vending industri sebagai cara untuk meminimalkan biaya dan risiko kepemilikan persediaan, dengan mengoptimalkan tingkat persediaan atau mempercayakan kepemilikan persediaan dengan pemasok mereka melalui pengaturan pengiriman. Dalam beberapa tahun terakhir, terdapat pertumbuhan pesat dalam bisnis vending, dengan banyak pemain utama berinvestasi besar-besaran di instalasi peralatan baru. Rata-rata pengembalian investasi (ROI) diperkirakan enam sampai 18 bulan, sementara data menunjukkan bahwa pengembalian dari distribusi berbasis vending mencapai dua kali lipat dari tingkat pertumbuhan bisnis berbasis non-vending. Jenis sistem yang tersedia bervariasi dari mesin gaya helix dasar yang dirancang untuk tugas pasokan dan pengisian ulang sederhana, hingga sistem high-end canggih yang menyediakan pengguna dengan kendali penuh atas ratusan item persediaan dalam satu unit, bersama-sama dengan keuntungan dari perangkat lunak manajemen alat yang ampuh; misalnya Matrix. Yang terakhir ini sangat menarik bagi pengguna tingkat lanjut dan pelang gan medium-ke-besar, yang membutuhkan jenis fungsi inovatif, fleksibilitas bawaan dan kemampuan pelaporan yang superior, dan tidak ditawarkan oleh mesin yang lebih dasar. Sis tem yang mutakhir memiliki sejumlah kelebihan utama, pengaturan penyimpanannya didasarkan pada laci atau carousel yang lebih nyaman, dan memiliki beberapa nampan terkunci secara individual


APRIL - MAY 2016 â&#x20AC;˘ METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

Sistem yang mutakhir memiliki sejumlah kelebihan utama, pengaturan penyimpanannya didasarkan pada laci atau carousel yang lebih nyaman, dan memiliki beberapa nampan terkunci secara individual per laci atau rak.

per laci at au rak . Setiap nampan ter pis ah dap at meny imp an i tem persediaan yang berbeda - ideal untuk peng guna yang membawa banyak variasi alat pemotong dan item lain dalam jumlah sedikit-ke-medium. Format ini memungkinkan manajemen persediaan yang lebih komprehensif, karena lebih banyak produk yang dapat disimpan dengan aman, dan pengeluaran alat dapat dikontrol dan diawasi secara lebih efek tif. Sifat ergonomis sistem ini juga membuat ruang dimanfaatkan sepenuhnya, sehingga semakin sedikit perangkat keras yang dibutuhkan, dan biaya modal pun terpangkas. Kemajuan terkini dalam fungsi perangkat lunak memberi manfaat yang semakin besar bagi pengguna akhir. Sistem vending lebih canggih, seper ti Matrix, meng gunakan al g o r i t m e lo g i s t ik ce r da s un t uk memaksimalkan ketersediaan alat sambil meminimalkan tingkat dan keusangan persediaan. Dalam l ing k ung an manu f ak t ur mo der n , pentingnya ketersediaan alat tidak boleh diremehkan. Mesin perkakas

Perangkat lunak manajemen alat Matrix-TM tidak hanya menyajikan data CPU, tetapi juga dapat melaporkan penyimpangan dari CPU benchmark.

yang berharga ratusan ribu dolar dipilih karena kecepatan dan kinerjanya. Pemasok bersaing berebut pe s anan berda s ar k an kecepat an pengiriman. Jika alat pemotong yang dibutuhk an t idak ter s edia , mak a spindle dalam posisi idle sehingga pasokan barang tertunda. Biaya dan risiko manajemen alat yang tidak ef isien tidak akan bis a diterima . Meskipun kepastian merupakan faktor kunci dalam memastikan ketersediaan, paket perangkat lunak terbaru menawarkan fitur user-defined cerdas yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan tingkat persediaan untuk item yang jarang digunakan. Hal ini dapat dicapai dengan menimpa tingkat persediaan minimum yang dihitung, atau memasukkan perubahan p ar am e t er y an g r e le v an s ep er t i frekuensi, penggunaan, dan lead time, yang secara otomatis menghasilkan perubahan pada tingkat persediaan minimum yang dihitung. Perubahan dapat dicapai langsung di tempat, tidak menunggu proses akhir dalam hitungan minggu atau bulan, sehingga sistem selalu terbarukan.

Ada juga kemajuan yang signifikan dalam berbag ai bidang lain yang membuat sistem generasi baru ini sangat cerdas. Sangat penting bahwa pekerjaan hanya dilakukan dengan alat yang tepat. Bill of Material biasanya menet apkan alat pemotong yang diperlukan, namun untuk memastikan bahwa hanya alat ini yang benarbenar digunakan, pembatasan dapat ditetapkan di dalam perangkat lunak, sehing ga pada saat pengeluaran, pengguna memasukkan nomor bagian, setelah itu hanya alat dalam Bill of Material yang dapat dikeluarkan untuk digunakan. Pengeluaran item berdasarkan pusat biaya, seper ti bagian, juga memiliki implikasi penting. Hal ini memungkinkan perencana produksi dan manajer bengkel kerja untuk m e l a c a k b i a y a p e r u n i t (C P U) secara riil, dan tidak mendasarkan keputusan pada biaya teoretis. Ketika dihubungkan dengan ERP pelanggan, data batch produksi dapat diimpor, dan perangkat lunak manajemen alat Matrix-TM tidak hanya menyajikan data CPU, tetapi juga dapat melaporkan penyimpangan dari CPU benchmark. Dengan cara ini, perubahan masa pakai alat, karena alat pemotong, manajemen pendingin, parameter pemesinan atau pemeliharaan, dapat diidentifikasi dan diperbaiki secara tepat waktu. Karena pelang gan mencari cara baru untuk meningkatkan produktivitas mereka, maka solusi vending cerdas yang menggabungkan kemudahan p eng g una an deng an perangkat lunak manajemen yang canggih, akan menjadi lebih populer dan secara bertahap menggantikan sistem tradisional sederhana yang sebelumnya digunakan.

33


34 TECH ZONE

Menemukan

PERTUMBUHAN STRATEGIS dalam Presisi Melalui investasi CMM, Hokuto Guangzhou mengalami pertumbuhan bisnis yang strategis

Bengkel produksi di Hokuto Guangzhou.

Fixture yang telah rampung dan siap diantar.

Editorial

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris Got a Question? Make An Enquiry.

ENQUIRY NUMBER

2202

Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com

H

okuto Guangzhou memanfaatkan FaroA r m por t abel ter u t ama untuk pemerik s aan komponen tung g al dan produk jadi, jug a untuk pengujian serta kalibrasi fixture dan fixture pemeriksaan. Coordinate Measuring M a c h i n e (C M M ) p e r m a n e n m e m i l i k i banyak kekurangan, antara lain dalam hal penetapan titik acuan, pengambilan sampel, dan penyejajaran. Untuk menjawab itu, FaroArm menawarkan presisi tinggi, keterulangan yang tinggi, kemudahan pemakaian, dan portabilitas. Menurut Faro, dengan alat ini, tidak perlu lagi memindahkan objek besar ke CMM permanen, sehingga akan menghemat wak tu dan tenaga ser t a meningkatkan efisiensi. Hokuto Guangzhou merupakan patungan perusahaan Tiongkok dan Jepang yang mengkhususkan diri dalam perancangan, pengembangan, produksi, dan penjualan sistem-sistem robotika per forma tinggi,

lini produksi otomotif otomatis, peralatan las beref isiensi tinggi, f ix ture otomotif (unit pengelasan, fixture pemeriksaan), dan komponen-komponen terkait. Sebag ai s alah s atu pelaku indus tri peralat an Tiongkok , perusahaan ini mendukung perkembangan industri melalui layanan berkualitas, semangat yang inovatif, dan tang gung jawab yang ting gi dalam menjalankan bisnis. Di awal, perusahaan ingin mencapai standar internasional dan menjadi perusahaan penyedia terkemuka deng an menaw ar k an produk dan ja s a berkualitas unggul. Moto sederhana ini membuat perusahaan mengalami lompatan omzet penjualan y ang bes ar dalam 30 bulan belakang an. Sejak didirikan, Hokuto Guang zhou menjadikan visi ini sebagai fondasi kuat untuk menempa kemampuan di bidang perancangan dan manufaktur, yang akhirnya berhasil menyedot berbagai macam klien besar. Perusahaan ini mengikuti standar global dalam perancangan sistem dan spesifikasi yang digunakan di seluruh grup. Bahkan dalam pemilihan peralat an, prosesnya sangat dipengaruhi oleh standar ketat yang diberlakukan oleh Hokuto Group di Jepang. Ketika membeli alat Faro pertamanya, perusahaan mendapat rekomendasi dari anak perusahaan lain, yakni perusahaan in t e r n a s i o n a l y an g ju g a b e r n aun g di bawah Hokuto Corporation. Semenjak itu, perusahaan meningkatkan investasinya, hingga kini mencapai lima unit FaroArm dan sebuah Faro Laser Tracker Vantage. Te k n i s i p r o d u k s i d a n p e n g u k u r a n di p er u s aha an t er s ebu t m en g a t ak an , â&#x20AC;&#x153;Kami mengandalkan solusi-solusi Faro untuk kebu tuhan di k antor pus at dan beberapa fasilitas produksi lainnya. Hal ini benar-benar mempermudah pertukaran ilmu dalam hal aplikasi dan metodologi pengukuran.â&#x20AC;? Kemampuan untuk Tumbuh Bersama Ketika baru berdiri, perusahaan hanya


APRIL - MAY 2016 â&#x20AC;˘ METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

Faro Laser Tracker Vantage digunakan dalam pengukuran bervolume besar selama perakitan dan instalasi lini produksi.

memiliki satu unit FaroArm. Tahuntahun berikutnya, perusahaan membeli tiga unit lagi, juga sebuah Va n t a g e p a d a t a h un 2 0 1 3 un t uk mengejar target bisnis. Menurut salah satu teknisi pengukuran, alat dari Faro memenuhi semua kebutuhan pengukuran (entah di tahap awal perancangan, produksi, ins t al a si komponen tung g al dan produk jadi, atau dalam ins talasi dan utilisasi lini produksi otomatis), serta memberikan hasil yang sangat memuaskan di semua tugas tersebut. Presisi, Efisiensi, dan Rasio Biaya terhadap Kinerja Sejalan dengan perkembangannya yang pesat , perusahaan berupaya untuk terus memperbaiki kualitas produk dan level layanan. Tuntutan peningkatan s tandar muncul dari k l i e n b e s a r, p r o y e k b e r s t a n d a r ting gi, juga dari jajaran ek sekutif tingkat atas. Karena tim dituntut un t uk m e mb e r ik an p r o duk y an g nihil kerusakan, semua produk harus menjalani uji kualit a s yang ket at sebelum keluar dari fasilitas. FaroArm menunjukkan keunggulan jelas dalam mengukur komponen rumit yang permukaannya berlekuk, memiliki busur-busur t ak ber atur an, at au bersudut banyak. Sementara, Vantage digunakan untuk pengukuran dalam perakitan lini produksi otomatis dan fixture terintegrasi bervolume besar, juga untuk melakukan penyesuaian offset selama instalasi di lapangan,

berdasarkan data simulasi robot 3D. Dengan mengukur jarak dan sudut berbagai komponen, Vantage menghitung dan menyediakan analisis komparatif terhadap nilai ak tual dan teoretis. Ukuran ringkas, bentuk ring an, volume peng ukur an y ang besar, presisi tinggi, dan kemudahan peng gunaan Vantage mampu memenuhi kebutuhan pengukuran sehari-hari. Hokuto meng gunakan FaroArm sekitar delapan jam per hari, lima hari sepekan. Perusahaan mengharapkan investasinya akan ter tutup dalam waktu sekitar satu setengah tahun, yang artinya alat akan memberikan manfaat jauh lebih besar di sepanjang umur pakainya dibandingkan investasi awal . Sebaliknya, Vant age jug a digunakan di fasilitas produksi yang dimiliki produsen otomotif untuk keperluan servis teknis, selain juga digunakan di fasilitas milik perusahaan sendiri. Imbal hasil investasi (ROI) positif dari Vantage adalah sekitar tiga tahun sedari dioperasikan. Melayani Kebutuhan Pelanggan Karena tuntutan proyek, tak jarang tim membawa alat Faro ke lokasi pro duk si mil ik k l ien . S al ah s a t u t ek ni s i p en g uk ur an m en y a t ak an pentingnya keringkasan dan portabilitas perangkat. Ia mengat akan, â&#x20AC;&#x153;Keringka san dan por t abilit a s s ang at pent ing bag i k a m i .â&#x20AC;? P a d a s a a t p e n g a n t a r a n , mereka harus melakukan serangkaian

Hokuto Guangzhou merancang dan membuat lini pengelasan otomatis Under Body untuk GAC Motor, dengan kapasitas 200.000.

Teknisi menguji fixture dengan FaroArm portabel dan presisi.

pemeriksaan lain, terutama dalam instalasi lini produksi otomatis. Pemeriksaan produk di tahap final peng ant aran merupakan langkah penting untuk menuntaskan proyek. Dalam konteks ini, solusi Faro tidak s aja membuat perus ahaan dapat menyediakan pengukuran yang sangat konsisten bagi kliennya di lokasi, tetapi juga memungkinkan pelaporan data secara mudah sesuai yang diperlukan oleh klien, sehingga memudahkan proses pengantaran.

35


36 TECH ZONE Tim di ANCA berupaya menerapkan jenis motor linear lain untuk penggerindaan alat, yakni motor linear silinder.

AYO

MENGGERINDA Pat McCluskey, rekanpendiri ANCA memaparkan kecanggihan teknologi motor linear dan perannya dalam menyempurnakan proses penggerindaan alat.

Editorial

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris Got a Question? Make An Enquiry.

ENQUIRY NUMBER

2203

Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com

D

i indus tri manufak tur sekarang ini, mesin perkakas merupakan komponen yang sangat penting. Namun, ada lagi yang lebih penting selain itu yakni teknologi di baliknya yang membuat pemanufaktur bisa memastikan kualitas produknya, entah dalam tahap cutting, grinding, finishing, dan sejenisnya. Prosesproses ini memerlukan beragam teknologi agar dihasilkan performa optimal, meskipun komponen yang dibutuhkan sama, misalnya motor linear. Motor linear yang umum ada dalam mesin perkakas saat ini adalah jenis flat bed, sehingga ideal untuk laser cutter. Jenis motor linear ini tidak begitu ideal untuk penggerindaan alat CNC (computer numerical control). Oleh karenanya, tim di ANCA berupaya menerapkan jenis motor linear lain yakni motor linear silinder. Fluks magnetik dalam motor linear jenis flat bed bersifat asimetris dan menciptakan gaya tekan terhadap rel yang sangat besar, sehingga cepat aus dan mengurangi efisiensi penggerindaan alat. Untuk mengatasi ini, mereka merancang motor yang fluks magnetiknya sedemikian rupa sehingga medan magnet yang simetris terpakai semuanya oleh motor, menghasilkan efisiensi lebih tinggi dibanding motor linear jenis flat bed. Dengan motor ini, mereka juga mengembangkan perangkat lunak penggerak ser vo khusus yang ideal untuk aplikasi penggerindaan. Motor linear silinder menawarkan banyak sekali keunggulan dibanding motor f lat bed konvensional. Salah satunya adalah menghilangkan cogging dan menyempurnakan lapisan permukaan alat pada saat

penggerindaan. Selain itu, karena berbentuk silinder, motor linear ini lebih ringkas serta hemat tempat karena ukurannya kecil. Ditambah lagi, motor linear ini meningkatkan efisiensi energi dan tidak memerlukan unit pendingin tersendiri untuk motor; dengan demikian, kebutuhan tempat dan daya pun lebih kecil. Dari segi keausan, rating IP67 membuktikan masa pakai yang panjang untuk motor linear silinder. Dilengkapi perlindungan tambahan untuk melindungi magnet dan kumparan, dan tidak ada komponen mekanis bergerak, mesinmesin ini memiliki gerak sumbu yang lebih halus serta presisi dan akurat dalam waktu lama karena keausan berkurang. Sejak itu, perusahaan menggunakan motor linear silinder dalam jajaran penggerinda alat CNC yang mereka produksi untuk kebutuhan manufaktur ringan, penggerindaan ulang, dan bahkan untuk produksi penuh. Untuk mempermudah kerja operator, mereka jug a menambahkan layar sentuh yang memungkinkan sapuan dan multi-sentuhan, han dh e ld p e n dan t un t uk ke mu dahan pengaturan, dan pintu front-loader yang mudah dijangkau. Motor linear silinder menyempurnakan penggerinda alat CNC karena beberapa hal. Motor ini memiliki gerak sumbu yang akurat sehingga dihasilkan performa yang presisi dan lapisan permukaan yang lebih baik, sehingga alat bisa berjalan tanpa operator (solusi otomatis). Motor ini juga fleksibel terhadap beragam alat, daya spindel, dan kapasitas automasi dengan tetap menghasilkan kecepatan dan produktivitas tinggi serta mesin perkakas yang awet.


METROLOGY & DESIGN 37

M

esin pengukur koordinat m u l t i s e n s o r y a n g menggabungkan sensor visi, sentuh, dan laser telah digunakan dalam kendali mutu produksi selama hampir 20 tahun. Kita mungkin ma sih ing at ma s a-ma s a awal sis tem multisensor ketika sensor utama bekerja dengan baik , tetapi sensor lainnya (t er k adan g di t amb ahk an b e l ak an g an) memiliki kapasitas terbatas dan keakuratan yang buruk. Sis tem multisensor sekarang ini telah mencapai titik ketika semua sensor memiliki kemampuan dan keakuratan penuh. Keterbatasan yang ada pada desain-desain l ama tel ah ter at a si mel alui ketelit ian integrasi sensor dengan sumbu pengukur. Kemampuan menyeluruh yang dimiliki sistem multisensor paling banyak disumbang oleh kemajuan perangkat lunak metrologi. Perangkat lunak pengukuran telah berkembang sedemikian rupa sehingga setiap sensor dapat diintegrasikan p e nuh dan m e n g uk ur d e n g an t in g k a t ketidakpastian yang konsisten. S emak in ke sini , man f aa t ekonomi dari sis tem pengukuran multisensor semakin jelas: berkurangnya pengeluaran modal dan kalibrasi, siklus pembelajaran y ang lebih sing k at , semak in t ing g iny a tingkat fleksibilitas dan kemudahan, dan (yang terpenting ) menurunnya tingkat ketidakpastian dalam pengukuran.

Pengukuran Multisensor:

MEMASUKI ERA BARU

Sistem multisensor telah berkembang pesat selama bertahun-tahun seiring semakin majunya teknologi komponen untuk kendali gerak, optik, pencahayaan, dan kamera. Tim Sladden, Quality Vision International, memaparkan lebih lanjut. Untuk menyoroti secara lengkap kemampuan sistem pengukuran multisensor ini, kit a lihat tig a jenis komponen dan bagaimana proses produk sinya disempurnakan melalui pengukuran multisensor. Di Gambar 1 kita lihat implan femoral diukur dengan kaliper. Ini tidak lantas berarti bahwa implan ortopedi sederhana adalah perangkat hasil bubutan yang paling kompleks bentuknya saat ini â&#x20AC;&#x201C; hanya saja, belum ada cara untuk mengukur dimensi penting dan membentuk komponenkomponen ini dengan satu sistem sensor. Per t ama, permukaan yang sangat meng k il ap dar i impl an lu tu t ter s ebu t s ang at s ensit if. B ahk an, kont ak bia s a dengan alat atau pengukur dapat merusak lapisan permukaan, menimbulkan gesekan

Editorial

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris Got a Question? Make An Enquiry.

ENQUIRY NUMBER Gambar 1: Implan femoral diukur dengan kaliper. Seandainya dulu semudah ini!

2301

Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com


38

METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA â&#x20AC;˘ APRIL - MAY 2016

Gambar 2: Implan ortopedi diukur di sistem multisensor.

Gambar 3: Pengukuran multisensor terhadap cetakan bubutan besar.

yang mengganggu ketepatan posisi, dan ak hir ny a menimbul k an r a s a sakit pada pasien yang dipasangi implan. Untuk mengukur komponenkomponen ini, diperlukan berbagai al a t non -kon t ak a t au y ang si f a t invasinya minim (optik visi, laser, at au probe kont ak yang s ang at ringan). Yang lebih penting lagi, implan femor al terdir i dar i s er ang k aian le k uk an y an g dike n dal ik an o le h toleransi profil, yang masing-masing dibatasi oleh kondisi bahan satu fitur data atau lebih. Kaidah Geometric Dimensioning and Tolerancing (GD&T) ini memang membuat per anc ang bisa menentukan bentuk komponen secara persis, tetapi menyulitkan verif ikasinya. Untuk mengukur komponen ini dengan benar, titiktitik pengukuran harus dihimpun,

lalu dipaskan ke model CAD secara m en y e lur uh ag ar s emua ko n di s i bahan dievaluasi dengan benar. Data dari sensor kontak, pindai, laser, dan optik harus diintegrasikan dengan model C AD, dan perlu per ang k at lunak yang kuat untuk menjalankan evaluasi GD&T. Selamat datang di sistem multisensor modern. Sistem dengan optik telesentris , la ser through-the-lens (T TL), dan probe pemindaian mikro dapat mengukur dimensi, profil, dan lekuk luar tanpa merusak komponen, dan langsung membandingkan dat anya deng an model CAD. Pemanufak tur komponen ini dihadapkan pada masalah tingginya tingkat pengerjaan ulang dan serpihan logam, dan bukan masalah ketelitian pembubutan, pemolesan,

dan pengukuran. Masalah ini diperumit dengan perdebatan tent ang ket aat an dimensi ant ara berbagai teknik pengukuran. Pengukuran multisensor mengatasi masalah pertama karena mampu mengukur f itur-f itur kritis tanpa merusak komponen. Perangkat lunak multisensor yang benar akan memungkinkan dat a dipa skan ke dalam model CAD dan menerapkan standar GD&T dengan benar. Kombinasi ini membuat pemanufak tur bisa menghentikan p e r d e b a t an t e n t an g ke ak ur a t a n antar berbagai teknik pengukuran, yang akhirnya mengurangi banyaknya langkah f inishing untuk memenuhi spesifikasi pelanggan. Semuanya ini menurunkan tingkat serpihan dan biaya pengerjaan ulang yang nilainya tidak sedikit. Contoh kita berikutnya adalah cetakan besar yang memiliki beragam permukaan bubutan, lubang pemasangan, dan jalur bearing di keempat sisinya. Komponen ini memiliki lebih dari 50 dimensi diskrit yang harus dikendalikan agar pas dan ber fungsi di dalam unit yang dibentuknya. Banyak di ant ara dimensi-dimensi ini berhubungan dengan data di sisi sebelah atau yang berseberangan. Idealnya, komponen diukur dalam satu penyiapan, tanpa ada pelet akan ulang komponen untuk mengukur keseluruhan permukaannya. Meskipun masalah akses dan toler an si menjadik an prob e pemindai kontak (Gambar 3) sebagai sensor yang ideal untuk jalur b e a r i n g , f i t u r- f i t u r l a i n s e p e r t i lub ang -bu t a ke cil di p er muk a an sebelahnya paling tepat jika diukur m e n g g un a k a n v i d e o , s e m e n t a r a pengukuran kedataran di permukaan yang berpasangan paling ideal jika diuk ur m e n g g un a k a n l a s e r. F l ip f ix ture yang dibuat khusus dalam foto ini mengindek s komponen secara otomatis, sehing ga setiap si si dap a t di s ajik an ke hadap an larik sensor untuk diukur. Cetakan ini mer up ak an komp onen dal am suatu unit kompleks yang keandalan mekanismenya ber tumpu pada presisi bubutan. Sehingga, pengukuran merupakan aspek


APRIL - MAY 2016 â&#x20AC;˘ METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

Gambar 4: Sensor berjangkauan jauh digunakan untuk mengukur rumah ini.

yang sangat menentukan kualitas produk akhir. Bagi perusahaan pembuat komponen, sistem multisensor ini m e n a w a r k a n s e jum l a h m a n f a a t . Manfaat terbesar adalah penghematan waktu karena seluruh dimen si dap at dip er ik s a di s at u sistem, alih-alih harus memprogram, memasang, dan mengukur di beberapa sistem berbeda, lalu menggabungkan dan memb anding k an dat a un t uk menyimpulkan apakah komponen sudah memenuhi spesif ikasi atau b e lum . Man f a a t b e s ar l ain y an g dit awarkan sis tem multisensor adalah tingkat ketidakpastian yang sama tanpa terpengaruh oleh sensor yang dipakai. Dalam contoh ketiga, kita lihat cetakan bubutan yang juga kompleks, y a k ni r um ah t r an s mi s i hi dr o l ik . Komponen ini sulit diukur dalam satu penyiapan. Tidak saja karena ada dimensi di sepanjang batang luar dan f lens atas, tetapi juga karena ada dimensi di permukaan seal dan splina, yang berada enam inci lebih di dalam komponen. Untuk mengakses semua fitur ini dalam satu orientasi, diperlukan optik berjangkauan jauh dan LWD laser untuk mencapai fitur di dasar, serta probe pemindai yang mampu mengukur dimensi-dalam pada batang dan profil bagian dalam. S e k a l i l a g i , ko mb in a s i p r o b e pemindaian, laser, dan pengukuran video membuat komponen kompleks ini dapat diukur dengan cepat. Laser mengumpulkan banyak pola dat a dari permukaan yang berpasangan di

Gambar 5: Perangkat lunak pengukuran multisensor mutakhir menunjukkan hubungan antara komponen dan sensor secara real-time, termasuk jangkauan setiap sensor terhadap fitur komponen. Atas â&#x20AC;&#x201C; model CAD digunakan sebagai dasar pengukuran. Bawah â&#x20AC;&#x201C; jangkauan pengukur berbasis video, laser, dan probe sentuh disajikan langsung pada model CAD.

Perangkat lunak pengukuran mengintegrasikan data dari semua sensor, sehingga seluruh pengukuran dapat dilakukan dalam satu prosedur dan langsung dibandingkan dengan model CAD asli komponen, agar tujuan perancangan dapat dipenuhi secara presisi.

flens atas. Kedataran permukaan seal ini sangat penting. Probe pemindaian mengukur prof il bagian dalam di b eb er ap a lok a si , jug a diame terd a l am p a d a b a t an g in -f lo w d an out-f low guna menghitung volume bagian dalam dan karakteristik laju aliran. Laser berjangkauan jauh juga dapat menjangkau bos di bagian dalam splina untuk melakukan pengukuran kedataran, sementara optik berjangkauan jauh mengukur gerigi gear dan posisi ball bearing dalam splina bola dengan cepat. Masing-masing dari ketiga contoh ini menunjukkan nilai guna yang melekat pada pengukuran multisensor berkualitas tinggi:

Di semua kontek s tersebut , kita dapat mengukur seluruh bagian di satu sistem pengukuran â&#x20AC;&#x201C; menghemat biaya pembelian dan pemeliharaan banyak sis tem peng ukur an , dan meng hil ang k an perbedaan ketidakpas tian antara berbagai teknologi pengukuran. Jajar an s e n s o r y an g t e r s e dia m emun g k ink an dim en s i- dim en s i penting diukur dengan jenis sensor terbaik , t anpa harus mengurangi ef isiensi atau pun akurasi. Sensor berjangkauan jauh dan siap diutilisasikan akan mengatasi gangguan antarsensor dan meminimalkan offset yang memakan habis jangkauan pengukuran penting.

39


40 METROLOGY & DESIGN

PowerInspect OMV memudahkan MakinoNCMT mengukur bentukbentuk kompleks pada mesin perkakasnya

Pemeriksaan Dini

MENGURANGI PEMBOROSAN

Ace Micromatic menangani masalah yang dihadapi industri Perangkat lunak pemeriksaan untuk memverifikasi kesalahan potensial pada komponen bubutan sangat penting untuk mengurangi pemborosan dan menghemat biaya. Oleh Peter Dickin, Manajer Pemasaran, Delcam. Editorial

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris Got a Question? Make An Enquiry.

ENQUIRY NUMBER

2302

Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com

V

erif ikasi di-mesin dengan per ang k at lunak pemer ik s aan PowerInspect Delcam memungkinkan pemerik saan awal komponen bubutan langsung dilakukan di mesin perkakas CNC alihal ih har u s m e min dahk ann y a ke C M M . Keuntungan utamanya, setiap kesalahan ditemukan di tempat yang dapat dikoreksi,

yakni langsung di mesin perkakas. Karena tidak ada siklus pembubutan dan pemeriksaan yang berulang-ulang, atau w ak tu peny iapan y ang l ama di s e t iap peralat an, maka keseluruhan dura si produksi dapat dikurangi. Keuntungan dari verif ikasi langsung di-mesin paling dirasakan oleh perusahaan yang belum mempunyai


APRIL - MAY 2016 â&#x20AC;˘ METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

Pengukuran five-axis membuat komponen lengkap diverifikasi cukup dengan satu penyiapan

sistem pemeriksaan. Hampir semua mesin perkaka s modern d i l e n g k a p i d e n g a n (a t a u d a p a t d i t a m b a h i) s i s t e m p e m e r ik s a a n untuk membantu penyiapan tugas. D en g an P o w er In s p e c t , s a t u al a t dapat digunakan sekaligus untuk v e r i f ik a s i c uk up d e n g an s e dik i t biaya tambahan. Verif ika si di-mesin dapat menghemat banyak wak tu karena kualit a s komponen yang dibubut terus dipant au di setiap t ahap proses produksi. Dengan demikian, setiap kesalahan akan terdetek si lebih dini, sehingga dapat dikoreksi lebih cepat dan dengan biaya yang lebih murah. Misalnya, kita dapat memas tikan jumlah s tok yang tersedia pada komponen pa s ti cukup setelah operasi roughing, dan tidak perlu menunggu sampai semua operasi pembubutan selesai untuk bisa menemukan kesalahan. Demikian juga, tingkat kerusakan yang diakibatkan oleh patahnya alat dapat dinil ai s ec ar a akur at , dan langsung dapat diputuskan apakah komponen ter s ebut ma sih dapat dirampungkan sesuai toleransi atau harus dibuang. Memang, ada banyak sekali metode manual untuk melakukan pemerik saan di ant ara opera si

pembubutan. Akan tetapi, karena bersifat manual, metode ini memakan wak tu dan rentan akan kesalahan manusia dan inkonsistensi. Selain itu, metode manual masih bertumpu pada pemeriksaan gambar-gambar, padahal hampir semua data rancangan saat ini sudah berbentuk f ile CAD. Verif ikasi di-mesin adalah pr o s e s y an g o t oma t i s dan lebih konsis ten dibanding peng ukur an manual, ser ta memungkinkan pemeriksaan data CAD. Perusahaan yang sudah memiliki peralatan pemeriksaan yang sesuai mungkin berpandangan, verif ikasi di me sin mer upak an oper a si t ak p e r lu y an g d ap a t m e mb o r o s k an w ak tu p embubu t an . Namun , jik a kita melihat keseluruhan prosesnya, besar sekali dampaknya terhadap p eng ur ang an w ak t u p eng ir iman . Lagipula, mesin baru dapat menghasilkan keuntungan apabila komponen yang dihasilkannya berkualitas baik. Ketika suatu komponen harus dipindahkan ke CMM dan pemeriksaan menunjukkan adanya ke s a l a h a n , ko m p o n e n i t u h a r u s dikembalik an ke mesin perk ak a s dan dijepit lagi sesuai posisi ketika hendak dibubut . Pada komponen apa pun proses ini memakan waktu,

bahkan bisa berjam-jam pada komp on en b er uk ur an b e s ar dan berat seper ti alat press untuk panel bodi kendaraan. Selain itu, setiap kesalahan selama penyiapan ulang pada mesin perkakas dapat menimbulk an s er ang k aian masalah pada komponen, sehingga memer luk an sik lu s p emer ik s a an lebih lanjut dan pembubutan ulang. Pada verif ikasi di-mesin, komponen dapat diperiksa di setiap t ahap t anp a p e r lu dipin dahk an . Pemeriksaan pada peralatan pengukur khusus hanya perlu dilakukan sebanyak satu kali, yakni pada akhir proses produksi. Verif ikasi dalam-proses yang lebih teratur ini akan meningkatkan kepa s tian bahwa komponen yang dihasilkan akan sesuai spesif ikasi. Selain itu, rangkaian verif ikasi dapat disimula sikan di komputer s eb elum dijal ank an s ama p er sis dengan program pembubutan. Peng guna dapat memastikan bahwa pengukuran akan dilakukan di area-area yang seharusnya, dan t idak akan terjadi tubrukan, sehingga waktu penyiapan di mesin lebih singkat. Salah satu peng guna yang memandang verif ika si di-mesin sebagai â&#x20AC;&#x153;alat yang sangat berhargaâ&#x20AC;?

41


42

METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA â&#x20AC;˘ APRIL - MAY 2016

adal ah in siny ur aplik a si pro s e s , Stewar t Seedhouse, dari MakinoNCMT Grinding Division. Teknologi ini membuat perusahaan dan p e l an g g ann y a b e r h e m a t b an y ak waktu dan biaya. NCMT telah ber t ahun-t ahun mewakili jajaran lengkap machining centre perus ahaan. Pada t ahun 2006, sebag ai bentuk peng akuan terhadap keung gulan perusahaan dalam aplikasi Viper grinding, dibentuklah divisi peng gerindaan di Coventr y untuk mema sarkan teknologi tersebut di seluruh Eropa. Viper grinding meng gunakan roda aluminium ok sida vitrif ikasi berukuran kecil dalam mode p eng g er inda an c r e ep -f e e d p ada machining cent re, meng g ant ik an roda boron nitrida dadu berpelat konvensional . Metode ini banyak digunakan dalam produksi komponen aloi berbasis nikel, terutama di industri penerbangan

Teknologi ini tidak saja lebih cepat delapan kali lipat dibanding proses konvensional, tetapi juga jauh lebih hemat dalam hal biaya komponen habis-pakai.

dan pembangkit listrik, serta sektor motorspor t dan medis. Tek nolog i ini t idak s aja lebih cepat delapan kali lipat dibanding proses konvensional , tet api jug a jauh lebih hemat dalam hal biaya komponen habis-pakai. Selain itu, jajaran produk Makino diklaim sebagai produk per tama yang menggabungkan creep-feed grinding deng an milling , drilling , dan turning di lingkung an multiproses, mengurangi banyaknya opera si terpisah, dan akhirnya

mengurangi waktu penyiapan. Meskipun demikian, proses ini masih terbilang berat karena bahanbahan yang sulit dibubut seper ti in co n e l , ke r umi t an b e n t uk y an g harus dihasilkan, dan tingginya level ak ur a si y ang dibu tuhk an . S el ain itu, t ak sedikit komponen yang dihasilkan dari proses forging atau casting, yang bisa sangat mahal dan sangat terbatas pasokannya. â&#x20AC;&#x153;Dalam proyek biasa, pelanggan kami diharuskan memproduk si minimal 30 komponen sesuai standar

Simulasi proses pengukuran dapat dilakukan untuk memastikan ketepatan pengukuran


APRIL - MAY 2016 • METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

Verifikasi di-mesin membuat komponen dapat diukur di tempat yang bisa dikoreksi, yakni di mesin perkakas

dari total 32 casting bernilai tinggi,” papar Mr. Seedhouse. “Apa pun yang bisa meningkatkan keandalan dan keakuratan proses produk si akan sangat menguntungkan.” Ta h a p p e r t a m a d i s e b a g i a n besar proyek adalah memanfaatkan perangkat lunak PowerInspec t untuk memeriksa kinematika mesin dengan melakukan pengukuran dari suatu bidang standar di posisi t er t en t u p ada me sin . Pr o s e s ini m e m e r luk an w ak t u s a t u s amp ai dua jam, tetapi memberikan jaminan bahwa akurasi pengukuran berikutnya bisa dipercaya. Ta h a p b e r i k u t n y a a d a l a h memeriksa lokasi data dari semua f ixture yang akan digunakan dalam proses, dan (kadang-kadang) jarak bebasnya. Menurut Mr. Seedhouse, ini penting karena “meskipun kami ingin mendapatkan f ix ture dalam kondisi benar, ak an lebih hemat waktu dan tenaga lagi jika di tahap ini kami bisa memas tikan f ix ture t e r s e b u t s u dah s e s uai har ap an , karena tidak perlu menemukan letak masalah di tahap berikutnya.” Setelah pemeriksaan ini, komponen per t ama dima suk k an , lalu dilakukan verif ikasi di-mesin untuk mengukur jumlah stok yang harus disingkirkan. Jika perlu, dapat dilakukan penyesuaian posisi komponen atau pengubahan data yang digunakan dalam

kontrol mesin perkakas, sehing ga diha silkan dis tribusi s tok yang lebih merata lagi pada bentuk akhir yang diinginkan. Bentuk komponen yang kompleks akan sulit diperiksa deng an p eng uk ur an f isik , te t api tidak demikian halnya dengan PowerInspect OMV. “ D eng an komp onen b ar u dan banyaknya pemasok casting, kami sering memerik sa jumlah s tok pada komponen sebelum m e l a k u k a n p e m b u b u t a n ,” j e l a s Mr. Seedhouse. “Stok yang terlalu banyak pada komponen dapat menimbulk an ma s al ah met alur g i seper ti keret akan dan hangus, atau patahnya roda yang akhirnya menimbulk an ma s al ah geome t ri, dan bahkan (dalam kasus ekstrem) bisa merusak mesin. Begitu Anda tahu stok yang ada lebih banyak dari yang diharapkan, Anda dapat dengan mudah menambahkan potongan tambahan untuk membuang bahan lebihan ini dengan aman.” Masalah potensial lainnya adalah, tekanan residual di dalam forging at au ca s ting dapat lepa s s el ama pr o s e s p embubu t an dan mengubah bentuk komponen. “Jika menurut kami ini akan terjadi, kami melakukan pemotongan awal dengan bahan ek s t r a y ang ter sis a untuk m e l e p a s k a n t e k a n a n t e r s e b u t ,” ungkap Mr. Seedhouse. “Kemudian, kami dapat memeriksa ada tidaknya

gerakan di dalam komponen dengan OMV, sehing ga pembubutan akhir dilakukan secara akurat.” OMV juga digunakan untuk memerik sa posisi f ix ture dan komponen setelah pemotongan besar yang dapat menggerakkan komponen, atau untuk mengetahui ada tidaknya masalah selama pembubutan. “PowerInspect OMV adalah alat yang sangat bermanfaat ketika kami h ar u s m e mb u a t ko mp o n e n b ar u atau memasang mesin baru,” klaim Mr. Seedhouse. “Alat ini langsung memberikan tingkat kepastian yang t ing g i k arena k i t a dapat deng an cepat mengetahui pengukuran dasar pada titik-titik penting komponen.” “Alat ini dapat menghemat waktu berminggu-minggu untuk menunggu ter s ediany a C MM dan menung g u analisis dari ahli met rolog i,” imbuhnya. “OMV bahkan membuat k ami ber ani memin t a pel ang g an memeriksa CMM untuk mengetahui apakah pengukuran menunjukkan ke s al ahan . Menur u t peng al aman saya, jika komponen menunjukkan hasil yang benar dengan OMV, maka akan kecil sekali kemungkinan salahnya.” Utilisasi yang lebih cepat ini member ik an man f aat kep ada pelang g an karena batch uji awal dapat diproduksi lebih cepat, dan deng an t ing k a t kep a s t ian t ing g i bahwa komponen yang dihasilkan akan sesuai dengan standar.

43


Getty Images

44 FEATURES

Memimpin

Sebagai pelaku utama dalam manufaktur masa depan di sektor pemesinan, Sandvik Coromant telah mengidentifikasi lima bidang yang dibidik oleh perusahaan untuk memimpin pengembangannya.

Editorial

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris Got a Question? Make An Enquiry.

ENQUIRY NUMBER

2401

Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com

MANUFAKTUR MASA DEPAN

M

anufaktur masa depan” tampaknya menjadi slogan di mana-mana saat ini. Pemerintah di seluruh dunia sedang memulai program untuk memas tikan daya saing melalui adaptasi terhadap transformasi digital. Di Jerman, peralihan ini disebut “Industry 4.0” dan didukung oleh Kanselir Jerman, Angela Merkel . Di sisi lain Atlantik, Presiden AS Barack Obama telah mengusulkan investasi dalam daya saing melalui pusat inovasi manufaktur regional yang menjembatani kesenjangan antara penelitian dan komersialisasi. Manufaktur masa depan juga mendapat prioritas utama dalam agenda di pasar seperti Tiongkok, Jepang, dan Inggris. S andvik Coromant ing in memimpin pengembangan ini di sektor pemesinan. Seorang spesialis utama di bidang ini, Jan Edvardsson, analis pasar dalam pengembangan bisnis, baru-baru ini menyajikan sebuah laporan dengan rekomendasi tentang cara untuk menghadapi tantangan dan peluang di masa depan.

Lima bidang utama telah diidentifikasi dengan dampak besar pada masa depan manufaktur: • Keberlanjutan • Teknologi informasi dan komunikasi • Manufaktur cerdas • Bahan, komponen, dan metode pemesinan • Kompetensi sumber daya manusia Keberlanjutan dan masyarakat kita sebagai keseluruhan menghadapi banyak tantangan karena pertumbuhan populasi, perluasan kelas menengah, dan kota-kota besar yang bermunculan. “Sumber daya alam di bumi ini langka,” ujar Mr Edvardsson. “Manufak tur masa depan pada akhirnya haruslah netral sumber daya. Apa yang saat ini kita sebut limbah harus dipandang sebagai bahan mentah di masa depan.” Tujuannya adalah untuk mendapatkan ekonomi sirkuler yang berarti penggunaan minimum bahan, energi, dan air dalam produksi, dan juga bahwa semua produk harus


APRIL - MAY 2016 • METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

Jan Edvardsson

dirancang agar mudah dibongkar, didaur ulang, dan dikembalikan ke sistem produksi. “Standar dan hukum baru akan mendorong perusahaan-perusahaan ke arah ini,” Mr Edvards son melanjutkan, “ t api branding juga pendorong yang kuat. Merek yang berkelanjutan memiliki daya tarik bagi pelanggan dan karyawan.” Bagi Sandvik Coromant, keberlanjutan meliputi lebih dari mendaur ulang sisipan dan regrinding drill, Mr Edvardsson menjelaskan. Di masa depan, keberlanjutan harus menjadi bagian dari budaya perusahaan dan bagian alami dari seluruh rantai nilai. “Sandvik memiliki peran utama dalam satu inisiatif Uni Eropa dengan memastikan pasokan bahan baku secara berkelanjutan adalah tujuan utama.” Teknologi informasi dan komunikasi (ICT) akan menjadi pendorong utama, sehing ga memungkinkan untuk memantau dan mengoptimalkan proses produk si. Dikombinasikan dengan sensor, ICT membuat manufaktur yang cerdas. Dengan Internet Protocol versi 6 (IPv6), dunia melompat dari alamat 32-bit ke128-bit, memungkinkan konektivitas di mana-mana. Ini merupakan prasyarat untuk Internet of Things, dengan mesin, perangkat, dan mobil berkomunikasi satu sama lain dan dengan kita. Dalam kehidupan pribadi kita, semua informasi

akan ada di ujung jari, tentang apa yang harus dimakan, kapan harus berolahraga, obat-obatan apa yang harus diminum, dan berapa banyak tidur yang kita butuhkan. Dalam industri manufaktur akan ada perkembangan serupa dengan sensor cerdas, sistem cyber fisik dan komunikasi mesin-ke-mesin ser ta mesin-ke-perangkat yang memainkan peran utama dalam proses produksi yang lebih otonom. Standardisasi an t ar muk a ak an s ang a t p en t ing dalam memungkinkan perangkat yang terhubung untuk “berbicara dengan bahasa yang sama». Dalam hal ini S andvik Coromant telah menjadi pelaku utama dalam mengembangkan s t a n d a r I S O (I S O 1 3 3 9 9) u n t u k mengkomunikasikan data produk. “IC T adalah peluang besar sekaligus jug a t ant ang an bes ar,” kata Mr Edvardsson. “Kami sekarang sepenuhnya bekerja mencari cara untuk memahami bagaimana kit a dapat memanfaatkan transisi ini sebaik mungkin. Adveon, InvoMilling, dan SpiroGrooving adalah tiga contoh tempat kami menggunakan teknologi digital yang ada untuk membantu pelanggan kami bekerja lebih cerdas dan menghemat waktu dan biaya.” Bahan yang lebih ringan, lebih kuat, dan lebih berkelanjutan, tetapi yang sering menantang untuk pemesinan, seper ti aloi logam kekuatan tinggi yang baru, komposit dan hibrida dari keduanya, yang dituntut untuk m e m e nuhi m a s al ah l in g k un g an . Sandvik Coromant terus memantau tren bahan baru, perkembangan bahan baru dan inisiatif penelitian untuk mengembangkan alat-alat baru, metode pemesinan dan solusi yang membuat hidup lebih mudah bagi pelanggan. Dalam hal metode pemesinan, pendinginan kriogenik adalah proses yang menggabungkan keberlanjutan dan produktivitas yang tinggi. Perusahaan menggunakan peralatan kriogenik di pusat penelitian di Västberga, Swedia, dan bekerja dengan pelanggan untuk mengembangkan solusi yang efisien, kat a Mr Edvards son. Perus ahaan juga menyelidiki metode manufaktur aditif (pencetakan 3D) bersama-sama dengan Sandvik Group di pusat baru di Sandviken, Swedia. “Bahan yang menarik untuk

masa depan adalah graphene, yang peneli t iny a diber i Hadiah Nobel pada tahun 2010,” katanya. Sandvik mensponsori penelitian yang dipimpin oleh Swedish Chalmers University di Gothenburg. Komp e t en s i dan b ak a t-b ak a t baru diperlukan untuk memenuhi kebutuhan transformasi digital, kata Mr Edvardsson. Robot dapat mengambil alih sejumlah operasi manual, tetapi robot masih buruk dalam hal berpikir kreatif, inovasi, dan pemecahan masalah yang tidak terstruktur. Fleksibilitas, kewirausahaan, dan pemikiran inovatif akan menjadi faktor keberhasilan untuk karyawan masa depan. Sekolah dan universitas memiliki tugas besar ke depan untuk mempersiapkan generasi baru dengan keterampilan ini. Ada perlombaan ko n s t an an t ar a p e n didik an dan teknologi. Industri harus disiapkan. Genera si Z, yang tumbuh dengan smartphone, tablet, Internet, media sosial, dan permainan komputer, akan memiliki harapan yang tinggi untuk kondisi kerja mereka di masa depan. S andvik Coromant s enant ia s a f o k u s p a da R&D, t e r m a s uk ju g a pada tahun-tahun belakangan ini. Pusat di Sandviken, yang diresmikan pada tahun 2014, dilengkapi dengan teknologi terbaru, yang diharapkan dapat menarik minat bakat muda dan membentuk dasar yang baik untuk inovasi masa depan. “Sandvik bekerja sama dengan beber apa uni ver si t a s dan pus at penelitian kelas dunia di seluruh dunia,” kata Mr Edvardsson. “Massachusetts Institute of Technology [di Amerika Serikat] adalah mitra terbaru. Ini memberi kita akses ke keahlian dalam berbagai bidang kompetensi dan juga kemungkinan menemukan dan menarik minat bakat masa depan. “Bersama-sama dengan sebagian besar perusahaan di indus tri manufaktur, kami memiliki perjalanan yang menarik ke depan,” lanjutnya. “ S ay a meng ang g ap t r ans for ma si digital menjadi bagian yang paling menan t ang . Tapi k i t a mer ang k ul peluang baru dan akan menemukan cara untuk menghasilkan yang terbaik darinya untuk membantu pelanggan kami tetap kompetitif dan berkelanjutan di masa depan.”

45


46 FEATURES

Adopsi

3DolehPRINTING Industri Manufaktur di Asia

Teknologi disruptif saat ini siap mengubah peta industri manufaktur karena menuntut pola pikir yang sama sekali baru menuju arah strategi pengadaan yang pada akhirnya merupakan kerangka kerja bisnis secara keseluruhan. Oleh Guo Tao, NX Product Marketing Manager of Asia Pacific, Siemens PLM Software

Editorial

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris Got a Question? Make An Enquiry.

ENQUIRY NUMBER

2402

Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com


APRIL - MAY 2016 â&#x20AC;˘ METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

3

D Printing dipandang s ebag ai bentuk tek nolog i disruptif yang perlahan meng goyang kemapanan dunia manufaktur. Para pakar yang menangani proses rantai pasokan setiap hari akan setuju - ini adalah peng ubah keadaan dan memilik i potensi untuk memungkinkan siapa pun dengan file desain berbantuan komputer (CAD), printer dan bahan cet ak 3D, bia s anya pla s tik dan serbuk logam, untuk membuat produk dan komponen di mana pun mereka berada. Kit a telah melihat potensinya untuk mengubah sifat bisnis di berbagai industri dan mempunyai dampak pada daya saing di antara per us ahaan dan ne g ar a di ma s a depan. Contoh terbaik adalah Tiongkok. Kita menyaksikan langkah T iong kok untuk mer ang s ang dan mendukung pertumbuhan industri 3D printing mereka melalui peluncuran sebuah taman indus tri di selatan kota Changsha yang disiapkan untuk

memainkan peran kunci dalam per tumbuhan manufak tur dan teknologi 3D. Ini merupakan pus at per t ama Tiongkok untuk teknologi 3D printing, dan didirikan dengan tujuan langsung untuk memproduk si 100 set printer 3D, dan tiga kali lipat jumlah perangkat pada tahun 2016. Berkaca pada Changsha, kota Wuhan dan Zhuhai mengumumkan rencana untuk juga mendirikan pusat industri semacam itu. Negara-negara lain di kawasan Asia-Pasifik juga mulai fokus pada tek nolo g i y ang p er t umbuhanny a p e s a t ini . S el ama lima t ahun ke depan, Singapura berencana untuk menginves t asikan US$500Â jut a untuk meningkatkan keterampilan dalam manufaktur lanjutan, dengan fokus ut ama pada 3D printing. Demikian pula dengan Jepang yang mengumumkan aloka si US$38,6 juta untuk mendanai berbagai proyek 3D printing. Menurut IHS, perusahaan informasi data global,

47


48

METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA â&#x20AC;˘ APRIL - MAY 2016

sebanyak delapan puluh persen dari pendanaan tersebut digunakan untuk penelitian dan pengembangan 3D printer yang mampu menghasilkan produk akhir dalam log am untuk penggunaan industri. Setelah pengembangan selama beberapa dekade, 3D printing telah muncul sebagai teknologi yang layak d a n t e r j a n g k au , m e m b uk a j a l a n untuk merevolusi sektor manufaktur yang menjadi andalan pertumbuhan ekonomi b any ak ne g ar a di A sia . Tapi, apa ar tinya bagi kita semua? A p a nil ai s e s un g g uhn y a dar i 3 D printing? Mewujudkan Inovasi Cerdas dengan 3D Printing Kunci keberhasilan dalam lingkungan manufak tur saat ini adalah beradapt a si dengan digit alis a si, sebuah konsep yang melampaui pencipt aan gambar digit al untuk meng adopsi digit al sebagai pendekatan dasar

untuk inovasi. Perusahaan dapat mengambil keuntungan dar i t ek no lo g i t r an s f or ma sional dan sering disruptif untuk meningkatkan kemampuan mereka untuk berinovasi dalam dunia produk dan proses s aat ini y ang begitu kompleks. Kekuatan 3D printing di tahap ter tentu, seper ti tahap pembentukan ide dan desain produk baru yang dimulai pada domain PLM tradisional , perubahannya paling terlihat jelas. Banyak produsen yang beralih ke 3D printing sebelumnya dalam proses inovasi untuk mengumpulkan pemahaman tentang kebutuhan pelanggan, dalam upaya mengembangkan ide-ide untuk produk baru. Dibandingkan dengan manufaktur tradisional dan metode prototipe, 3D printing menawarkan potensi kustomisasi tingkat tinggi, m e n g ur a n g i b i a y a un t uk d e s a in yang kompleks, dan biaya overhead

Hak cipta atau paten melindungi karya kreatif dan ini bervariasi dari satu negara ke negara lain dalam hal perlindungan yang diberikan dan persyaratan yang diperlukan.

yang lebih rendah untuk komponen d a n p r o d uk d e n g a n m a s a p a k a i yang pendek. Un t uk pr o du s en t r adi sional , semakin komplek s bentuk dan m o d e l n y a , m ak a s e m ak in t in g g i biaya dan semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk menyeles aikan tugas karena banyaknya cetakan, dan pekerjaan pemesinan yang juga komplek s . 3D pr int ing membaw a cara yang berbeda untuk menghapus per s yarat an ini; peng g una dapat dengan mudah mencetak item yang mereka inginkan. Meski 3D printing umumnya fokus pada bentuk dan model, ada cara mewujudkan inovasi cerdas untuk membangun model dan kemudian dengan cerdas menghubungkannya ke dalam sistem dari sistem. Hal ini memungkinkan insinyur dan pelang gan untuk melihat bagaimana kinerja produk dan proses bahkan sebelum selesai dibangun. Ketika mereka meninjau dat a kinerja , mereka akan dapat memprediksi peluang untuk meningkatkan kinerja ser ta risiko tersembunyi sebelum â&#x20AC;&#x153;3D printingâ&#x20AC;? ak tualnya. Jika teridentif ikasi ada risiko, peng guna dapat dengan mudah memasukkan perubahan dan menghindari risiko yang tidak perlu. Peng guna dapat membandingkan predik si dari model dan simulasi sekunder ini dengan versi yang lebih baik. Proses ini akan memastikan kualit a s dan keandalan produk yang lebih baik , dibandingkan dengan hanya membuat model dan mencetaknya langsung. Belum Jadi Teknologi yang Mudah Meskipun 3D printing adalah teknologi menakjubkan dengan banyak manfaat, ada satu masalah pelik yang harus dihadapi oleh produsen, pengacara, dan pemerintah: masalah hak atas kekayaan intelek tual (HaKI) yang dian g k a t o le h 3 D p r in t in g . Jik a teknologi ini memungkinkan setiap orang untuk membuat sesuatu di mana saja, bagaimana caranya a g ar p e r u s ah a an , d e s ain e r, d an penemu dapat melindungi hak cipta milik mereka? Hak cipta atau paten melindungi


APRIL - MAY 2016 â&#x20AC;˘ METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

Produsen harus mulai mengantisipasi potensi model bisnis baru karena 3D printing mengubah seluruh rantai nilai.

kar ya kreatif dan ini ber variasi dari satu negara ke negara lain dalam hal perlindung an y ang diberik an dan persyaratan yang diperlukan. Pelang g aran HaKI sudah menjadi ma s al ah di s elur uh k awa s an ini, tetapi tampaknya lebih banyak kasus yang terkait deng an peng gunaan 3D printing. Proses teknologi baru ini sangat sederhana yang hanya dengan satu kali klik siapa pun dapat membuat item at au s alinan yang tidak sah dari produk berhak cipta dar i f ile kompu ter at au s c an 3D dari objek f isik. Menyalin jadi jauh lebih mudah dari sebelumnya, namun jauh lebih sulit untuk mengidentif ikasi pelang garannya. Produsen menghadapi masalah yang sama dengan industri musik ketika file MP3 dan download online muncul. Kita sekarang dalam posisi yang kita mengakui bahwa hak cipta itu memang ada , t api t an t ang anny a

adalah dalam menegakkannya dan dalam menghasilkan alternatif yang menarik atas pelanggaran melalui model bisnis baru. Sementara i t u , m e n g e n al i p o t e n s i m a s al ah dilakukan jauh ke arah memastikan bahwa 3D printing menjadi hal besar berikutnya bagi perusahaan daripada beban besar berikutnya. Prospek ke Depan? Hub un g an an t ar a p r o du s e n d an peritel berubah â&#x20AC;&#x201C; peritel memiliki kemungkinan untuk berubah menjadi produsen; penyedia layanan ju g a d a p a t m e n a w a r k a n p r o d uk yang dikus tomis a si, pada skala y a n g l e b ih b e s a r. P e r s o n a l i s a s i manufak tur juga akan semakin mempengaruhi manufaktur massal standar dengan barang-barang yang lebih kompleks dan lebih unik yang muncul dal am w ak tu dek at y ang biasanya sulit karena masalah biaya dan peluncuran ke pasar. Dengan semakin pentingnya 3D

printing dalam tahap penyusunan ide dan pengembangan proses penelitian dan pengembangan, prospeknya jauh melebihi inovasi produk . Produsen harus mulai mengantisipasi potensi model bisnis baru karena 3D printing mengubah seluruh rantai nilai. Sebagian sudah melihat teknologi ini sebagai sarana kustomisasi massal sementara yang lain mulai menjauh dari menjaga gudang yang penuh deng an suku cadang, dan malah mencetak bagian yang diperlukan dari kolek si f ile digital mereka. Kemungkinannya hampir tidak ter b a t a s â&#x20AC;&#x201D;t api ter lep a s dar i ap a yang sebenarnya terjadi, untuk t e t ap bis a komp e t i t i f, pro du s en harus menemukan cara yang tepat untuk memanfaatkan 3D printing s ebag ai bag ian dar i kemampuan yang membedakan mereka dalam operasi perumusan gagasan, p eng emb ang an , manu f ak t ur, penjualan, dan pascapenjualan.

49


Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA)

50 FEATURES

Industry 4.0 menjadi bahan pembicaraan industri. Tetapi, dengan semua istilah hebat yang ditelurkannya, pemanufaktur mungkin terintimidasi oleh revolusi yang kelihatannya merusak ini, terutama dalam hal data. Singkatnya, apa itu Industry 4.0, dan bagaimana cara mengelola data dengan pintar? Oleh Michelle Cheong.

Editorial

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris Got a Question? Make An Enquiry.

ENQUIRY NUMBER

2403

Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com

Mengelola Data

DENGAN PINTAR

D

engan revolusi industri keempat atau yang lebih dikenal dengan is tilah Indus tr y 4.0 yang mulai menunjukkan tanda-tanda ‘serangan’ ke industri manufaktur sekarang ini, muncul berbagai is tilah hebat : Internet of Things (IoT), Industry 4.0, Smart Manufacturing, Big Data, dan Digital Factory. Dan faktanya, tidak semua pemanufaktur mengerti betul apa sebenarnya arti istilahistilah ini.

Definisi Industry 4.0 Ringkasnya, Industry 4.0 yang berasal dari Jerman mer upak an peng adopsian dan penerapan konsep “smart factory” (pabrik cerdas), yang semua proses produksinya otomatis, tidak perlu banyak operator manusia, lebih efisien, dan dapat menyesuaikan secara bebas produk yang akan diproduksi dalam skala besar. Dalam mencapai hal ini, Industr y 4.0 bertumpu pada enam prinsip rancangan: •

Interoperabilitas: manusia dan mesin akan dapat berkomunikasi melalui IoT—manusia

akan dapat mengoperasikan mesin dari jauh, dengan tingkat dominasi mesin yang lebih tinggi.

• Virtualisasi: kemampuan melihat seluruh proses pabrik dan produksi secara virtual. • Desentralisasi: kemampuan mesin untuk ‘berpikir’ sendiri sehingga bisa mengambil keputusan yang pintar. • Kemampuan real-time: Dengan semakin cerdasnya fungsi mesin, semakin banyak juga data yang dihasilkan sehingga akan ideal jika mesin dapat mengumpulkan, menganalisis, dan memberikan informasi secara real-time. • Orientasi layanan: kemampuan untuk menawarkan layanan melalui Internet of Service (IoS) • Modularitas: fleksibilitas pabrik pintar dal am meng akomo da si p er ub ahan ke tentuan deng an meng g ant i at au memperluas setiap modul.


APRIL - MAY 2016 â&#x20AC;˘ METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

Cara Pemanfaatan Data Tak dapat disangkal, analisis data

Data yang dihasilkan mesin dapat membantu pemanufaktur menyempurnakan proses, asalkan tahu cara pemanfaatannya.

Camelia.boban

Keruwetan Big Data S eper t i dis ebu t k an t adi, deng an masuknya Industr y 4.0 dan semakin banyaknya mesin-mesin canggih, pemanufaktur sekarang ini menghasilkan data yang lebih besar setiap hari dibandingkan 10 tahun lalu. Data tersebut antara lain data sensor, citra kamera, data pengukuran digital, dsb. S e c ar a t e o r e t i s , s e mua da t a yang dihasilkan ini dapat digunakan untuk mengukur sesuatu. Akan tetapi, pengelolaan dan penafsiran data-data ini (diistilahkan â&#x20AC;&#x153;big dataâ&#x20AC;?) bukanlah hal mudah, karena meskipun semua data ini dapat dihasilkan atau dihimpun, pemanufaktur bahkan tidak tahu apa manfaat data ini atau pun bagaimana cara memanfaatkannya. Untuk mengatasi hal ini, perusahaan-perusahaan pengelolaan data berlomba membuat program analisis dat a terbaik yang dapat menjawab kebutuhan pemanufaktur industri. Salah satu sektor yang menjadi tempat berkembang pesatnya programprogram ini adalah Industrial Internet of Things (IoT). Program-program yang dikembangkan di sektor ini ditujukan untuk merekam, menyatukan, dan mendistribusikan data ke personel perusahaan, sambil menyesuaikannya secara total sehingga personel terkait hany a ak an menerima dat a y ang diperlukan, dan dengan cara-cara yang sederhana seperti melalui alat pribadi seperti smartphone, tablet, atau laptop. Untuk menyimpan begitu banyak informasi yang keluar dari mesin, penyimpanan berbasis cloud kini lazim dimanfaatkan sebagai gudang untuk data variabel proses mesin yang besar dan tak terstruktur, informasi mengenai alat , dan komponen kerja, karena viabilitasnya dari aspek ekonomi. Jika sudah masuk ke internet, maka apa pun dapat diakses dari semua tempat, data dapat ditangani dan dianalisis di mana saja dan kapan saja. Tetapi, mungkin ada yang bertanya, apa untungnya pemanfaatan data ini? Apa pengaruhnya bagi operasi manufaktur? Apa pentingnya data itu?

dapat memberikan manfaat bagi pemanufaktur dalam berbagai cara. Mi s al ny a , da t a m en g enai w ak t u pemrosesan atau konsumsi listrik bisa menjadi bukti efisiensi proses atau mesin, sehingga pemanufaktur dapat menimbang perlu tidaknya dicari alternatif. Proses atau mesin dalam hal ini dapat dioptimalkan setelah arah perbaikan diketahui melalui pemanfaatan data. M e nur u t S al S p a da , dir e k t ur penelitian, ARC Advisory Group, data mesin perkakas juga dapat memprediksi k u a l i t a s ko m p o n e n ke r j a s u a t u produksi. Karena parameter proses real-time dapat diambil dari mesin yang bekerja, model proses permesinan produksi dapat dikembangkan dan terus disempurnakan untuk menjamin kualitas komponen kerja. Selain itu, dengan semakin tingginya konektivitas antara mesinmesin digital, pemanufak tur juga dapat mengumpulkan berbagai mac am par ameter proses sec ar a real-time. Data ini kemudian dapat digunakan untuk membuat model matematis akurat terkait perilaku mesin dalam berbagai kondisi operasi, yang tentu sulit diterapkan di tempat uji laboratorium, imbuhnya. Dengan demikian, pemanufak tur dapat memonitor mesin dan proses secara virtual dan tanpa henti. Mengelola Data Dengan Pintar Kemampuan penafsiran data sangat penting untuk meningkatkan produktivitas dan ef isiensi proses produksi. Dan agar optimalisasi ini terwujud, pemanufaktur harus tahu data mana yang benar-benar mereka butuhkan atau inginkan, dan bagaimana mengoptimalkan manfaat data ini.

Cara yang paling mudah untuk mengelola data dengan pintar adalah meng hindar i ker umi t an . B er ik u t panduan acuannya: 1. Te n t u k a n m e s i n m a n a y a n g bi s a m en g ha s il k an in f or ma s i tertentu, dan, pilih informasi yang diperlukan. Petunjuk: Pilih informasi yang paling bermanfaat saja. 2. Menggunakan program analisis data yang bagus, tentukan bagaimana pro g r am dap at diman f aat k an untuk menyajikan data yang mudah dimengerti. Petunjuk: Grafik atau bagan sudah cukup, karena biasanya format ini mudah dan cepat dimengerti oleh pembaca. Petunjuk: Jangan berlebihan dalam memvisualkan data. Ingat, tujuan analisis tersebut adalah agar tidak ada pemborosan sumber daya. 3. Buat kepu tus an mat ang y ang berlandaskan informasiâ&#x20AC;&#x201D;informasi yang ringkas harus dapat menjadi dasar pengambilan keputusan yang cepat dan efektif. Biasanya, data dapat dianalisis lebih lanjut untuk berbagai keperluan. Dat a jug a dapat dis ajik an dalam berbagai format , tetapi pesannya tet ap s ama: pemanufak tur harus jelas mengenai jenis data apa yang d a p a t di a m b il , d a t a m a n a y a n g diperlukan, dan bagaimana data dapat disajikan sedemikian rupa sehingga memudahkan pengambilan keputusan.

51


52 FEATURES

MENGENAL

MANUFAKTUR KONTRAK S Manufaktur kontrak populer digunakan di sektor pengerjaan logam dan manufaktur era sekarang. Tetapi, apa saja sebenarnya faktorfaktor penting dalam memilih manufaktur kontrak yang tepat? Oleh Michelle Cheong

ek tor manufak tur saat ini berkontribusi banyak terhadap produk domestik bruto nasional (PDB), t anpa terpeng ar uh oleh s t atus neg ara (maju at au sedang berkembang). Dal am menang ani produk si ma s s al atau pun kecil di berbagai industri seperti penerbangan, komputer, semikonduktor, atau otomotif, manufaktur kontrak (atau alih-daya) memainkan peran penting. Di antara manufaktur kontrak yang populer a d a l a h p e m b u b u t a n C N C (c o m p u t e r numerical control), perakitan kompleks, die - c a s t ing aluminium , g r inding a t au forging, tergantung tugas yang diperlukan pihak perusahaan pengguna. Pemanufak tur kontrak adalah pihak y an g dimin t a o le h p e r u s ah a an un t uk membuat komponen atau produk, terutama karena manfaat yang ditawarkan manufaktur kontrak:

Jumlah Kecil: Misalnya, apabila sebuah perusahaan hanya memerlukan produk tertentu dalam jumlah sedikit untuk diproduksi dalam satu proyek putus, atau untuk jangka waktu singkat, manufaktur kontrak bisa menjadi pilihan ideal.

Penghematan Biaya: Manufak tur kontrak menawarkan penghematan biaya modal karena perusahaan tidak perlu mengeluarkan apa pun untuk fasilitas atau peralatan manufaktur. Selain itu, perusahaan dapat memilih pemanufaktur kontrak luar negeri di negara yang upah buruhnya lebih rendah seperti India, Vietnam, atau Indonesia, sehingga biaya produksi pun lebih rendah. Selain itu, karena cenderung melayani lebih dari satu perusahaan, pemanufaktur kontrak dapat membantu perusahaanperusahaan itu berhemat biaya melalui pengadaan bahan baku secara bersama-sama, terutama jika mereka mempunyai koneksi baik dengan pemasok bahan baku. Atau, pemanufaktur kontrak dapat meningkatkan jumlah unit per pengiriman sehingga biaya akan lebih rendah dan menghasilkan ekonomi skala yang lebih besar. Namun terlepa s dari manfaat yang ditawarkan oleh manufaktur kontrak, belum semua perusahaan mau secara aktif atau sepenuhnya memanfaatkan pemanufaktur kontrak meskipun sebenarnya bisa. Alasannya adalah mitos di seputar manufaktur kontrak atau pemilihan pemanufaktur kontrak, yang masih bertahan bahkan sampai sekarang.

Editorial

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris Got a Question? Make An Enquiry.

ENQUIRY NUMBER

2404 Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com

Pemanufaktur kontrak cenderung melayani lebih dari satu perusahaan, sehingga dapat membantu perusahaan-perusahaan berhemat melalui pengadaan bahan baku bersama-sama.


APRIL - MAY 2016 • METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

Tergantung ke mana produk hendak dikirim, lokasi pemanufaktur kontrak dan fasilitas produksi dapat memengaruhi lama pengiriman komponen.

Mitos yang Umum Diyakini: • Pemanufaktur kontrak yang harus dipilih adalah yang kompetensi teknisnya paling tinggi. • A t a u , P e m a n u f a k t u r ko n t r a k yang harus dipilih adalah yang menawarkan harga terendah. Meskipun a spek kompetensi teknis dan harga memang menjadi per t imbang an dal am pemilihan pemanufaktur kontrak, perusahaan tidak boleh terpaku pada faktor tunggal ini, dan harus mempertimbangkan semua faktor lain seperti kualitas produk yang dapat dihasilkan pemanufaktur kontrak, seberapa cepat mereka dap a t mempr o duk siny a , a t au apakah kapasitas volume produksi mereka sesuai dengan keperluan. •

Presentasi pemanufaktur kontrak ini adalah yang terbaik, jadi kinerja mereka pasti juga bagus. Kesalahan umum yang dilakukan perusahaan adalah terpikat oleh strategi pemasaran pemanufaktur kontrak, dan mengesampingkan faktor-faktor penting lain. Seperti disebutkan di atas, semua fak tor yang berpengaruh harus

dipertimbangkan sewaktu memilih pemanufaktur kontrak.

t e t api dal am hal manu f ak t ur kontrak, konsepnya tidak demikian. A spek penting yang harus ada pada pemanufak tur kontrak adalah mereka memiliki kecakapan dan pengalaman teknis, standar kendali mutu yang sesuai, harga yang wajar, dan memahami kebutuhan Anda. Dan jika mereka memiliki semuanya ini, meskipun kompetitor juga memanfaatkan jasa mereka, mengapa Anda tidak memilih mereka juga?

• Pemanufak tur kontrak “Kela s 1” pasti adalah pemanufak tur kontrak terbaik. Umumnya, pemanufaktur kontrak dikelompokkan menjadi kelaskelas dari satu hingga empat oleh pasar keuangan untuk membantu menunjukkan perbedaan taksiran di berbag ai neg ar a , demik ian menurut Ron Keith, CEO Riverwood Solutions. Akan tet api, kela s-kela s ini hany a menunjuk kan seberapa besar kapasitas produksi suatu pemanuf ak tur kont r ak , buk an seberapa bagus kinerjanya. Oleh karena itu, jika perusahaan hanya memerlukan produk dalam jumlah sedikit , sebenarnya tidak perlu juga meng gunakan pemanufaktur yang besar. Dengan demikian, yang penting adalah kesesuaian terhadap kebutuhan manufaktur Anda.

• Saya hanya perlu menemukan pemanufak tur kontrak yang tepat, lain dari itu tidak akan ada masalah. Ketepatan dalam memilih pemanufak tur kontrak memang sebuah langkah yang bagus. Tetapi, ada lagi yang tak kalah penting yakni manajemen yang ak tif dan efek tif—perusahaan harus menyusun organisasi operasinya sendiri ag ar dapat mengelola manufaktur alih-daya ini.

• Pemanufaktur kontrak yang saya pilih tidak boleh pemanufaktur yang juga melayani kompetitor. Kompetisi memang menjadi pendorong kuat dalam berbisnis,

Pertimbangan Sewaktu Memilih Pemanufaktur Kontrak Di at a s sudah disebutkan mitosmitos manufak tur kontrak. Tetapi, apa s ebenar ny a y ang har us k i t a

53


54

METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA â&#x20AC;˘ APRIL - MAY 2016

Aspek penting yang harus ada pada pemanufaktur kontrak adalah mereka memiliki kecakapan dan pengalaman teknis, standar kendali mutu yang sesuai, harga yang wajar, dan memahami kebutuhan Anda.

per t imbang k an s ewak tu memilih pemanufak tur kontrak? Berikut adalah empat faktor umum yang harus dipertimbangkan, yang kesemuanya sama-sama penting. Lokasi Letak geografis pemanufaktur kontrak merupakan aspek yang penting secara umum. Di era seperti sekarang yang memandang biaya tenaga kerja sebagai faktor besar, perusahaan bisa terpikat mencari pemanufak tur kontrak di negara-negara yang upah buruhnya lebih murah seperti India, Vietnam, atau Indonesia. Meskipun tidak ada salahnya berbisnis di tempat-tempat tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Per tama, karena di luar negeri, biasanya akses langsung ke produksi, atau kunjungan lapangan ke fasilitas manufaktur akan lebih sulit karena jarak yang lebih jauh daripada fasilitas lokal. Karena berada lebih jauh, perusahaan pengguna akan punya kendali kecil terhadap produk si, dan respons pun akan lebih lambat apabila ada masalah dan memerlukan keputusan manajemen yang cepat. Hal ini akan memengaruhi kecepatan perusahaan peng guna dalam menanggapi gangguan dalam rantai pasokan atau fluktuasi permintaan,

yang akhirnya berdampak negatif bagi layanan pelang gan dan citra perusahaan. Tentunya, ini dapat diatasi jika perusahaan pengguna memiliki kantor atau staf yang andal di dekat lokasi manufaktur untuk mengawasi produksi dan menghubungi perusahaan bila diperlukan. Kedua, tergantung ke mana produk hendak dikirim, lokasi pemanufaktur kontrak dan fasilitas produksi dapat memengaruhi lama pengiriman komponen. Namun, jika komponen hendak dikirim ke tempat yang lebih dek a t dar i lok a s i p emanu f ak t ur kon t r ak dib anding k an t or p u s a t p e r u s aha an p e n g g una , i t u ak an sangat menguntungkan karena waktu pengiriman produk menjadi lebih singkat. Terakhir, memanfaatkan layanan pemanufaktur kontrak yang berbasis di negara-negara seperti India, Vietnam, atau Indonesia dapat menimbulkan masalah lain di samping akses ke lokasi atau pun lama pengiriman. Meskipun upah buruhnya lebih rendah, tempattempat ini bisa memiliki hambatan bahasa, atau perbedaan budaya yang mungkin agak menyulitkan kerja sama. S e p e r t i hal n y a dal am s e mua bisnis, satu pihak harus memahami benar pihak s atuny a ag ar bisnis berjalan lancar. Oleh karena itu,

Seperti halnya dalam semua bisnis, pengertian dan komunikasi dengan pemanufaktur kontrak luar negeri sangat penting bagi kelancaran bisnis. menjalin hubungan yang baik dengan pemanufak tur kontrak luar negeri harus menjadi prioritas, selain juga memahami bagaimana perusahaan lokal menjalankan bisnisnya dan bagaimana budaya kerja mereka. Batasan Volume dan Kapasitas Ketika memilih pemanufaktur kontrak, kita harus selalu ingat bahwa mereka memiliki banyak pelanggan lain yang harus dipikirkan, bukan perusahaan kit a s aja . Berapa banyak volume produk yang ingin diminta kepada pemanufak tur kontrak? Apakah pemanufak tur kontrak mampu menangani volume tersebut saat ini? Berapa lama waktu yang diperlukan untuk memproduksinya? Per tanyaan-per tanyaan ini harus menjadi per timbangan dan harus terjawab sebelum memilih


APRIL - MAY 2016 â&#x20AC;˘ METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

Pada akhirnya, pemanufaktur kontrak adalah perusahaan alih-daya, dan (karena menangani produksi) mereka juga menerapkan standar kendali mutu sendiri.

Harga adalah faktor penting, tapi ada lagi yang tak kalah penting yaitu kualitas produk yang dihasilkan.

pemanufaktur kontrak. Utamanya lagi dalam masa-masa ramai produksi, jika kita hanya memerlukan volume kecil, bisa jadi pemanufak tur kon t r ak m en dahuluk an p e s anan y an g v o lum e n y a b e s ar al ih -al ih memprioritaskan pesanan kita. Harga dan Kualitas Biaya selalu menjadi faktor penting dalam setiap bisnis. Berapa tarif yang dikenakan pemanufak tur kontrak untuk bahan baku dan untuk produksi yang diperlukan? Berapa tarif yang mereka kenakan untuk pengiriman? Jika mereka berbasis di luar negeri, berapa biayanya untuk semua hal di atas? Pertanyaan-pertanyaan ini harus menjadi pertimbangan. S e l ain i t u , ada l ag i y an g t ak kalah penting yakni penghematan. Seberapa besar penghematan yang diha silkan pemanufak tur kontrak terkait biaya modal (misalnya biaya buruh yang lebih rendah), atau bisakah mereka menghasilkan ekonomi skala y ang lebih be s ar l ant ar an dapat menyatukan pengiriman atau membeli bahan baku secara borongan? Jika p eng hemat anny a s eimb ang at au lebih besar daripada biaya, maka pemanufaktur kontrak tersebut patut menjadi pilihan. Biaya adalah salah satu fak tor penting dalam memilih pemanufaktur

kontrak, tetapi kualitas juga tidak boleh dikes ampingkan. Seberapa besar pun penghematan yang ditawarkan pemanufaktur kontrak, jika kualitas produk yang dihasilkannya tidak memadai, ia tidak patut dipilih. Pemanufaktur Kontrak Pemanufak tur kontrak sebagai perusahaan tentu merupakan faktor penting yang patut dipertimbangkan. Sebagai mitra bisnis, kedua belah pihak harus memilik i pandang an yang sama terhadap beberapa hal. Hal per tama adalah aspek nilai. Nilai apa yang dipegang o le h p e m anu f ak t ur ko n t r ak dan ap ak ah m e r e k a bi s a dian dal k an dalam menangani materi yang bersifat rahasia? Salah satu risiko dalam manufak tur kontrak adalah p enc ur ian kek ay a an in t elek t ual . Karena dokumen raha sia tentu sama-sama dapat diak ses selama kerja sama, setiap kar yawan tentu lebih mudah mengunduh f ile-f ile raha sia ter sebut jika tidak ada sis tem keamanan yang memadai. O leh k ar ena i t u , dal am m emil ih pemanufak tur kontrak, kita harus mempertimbangkan nilai perusahaan beserta karyawannya dan bagaimana keandalan perusahaan itu. Berikutnya adalah standar kendali mutu yang diterapkan pemanufaktur

kontrak. Pada akhirnya, pemanufaktur kontrak adalah perusahaan alih-daya, dan (karena menangani produk si) mereka juga menerapkan s tandar kendali mutu sendiri. Standar ini harus sama dengan s tandar yang diberlakukan oleh perusahaan pengguna agar kualitas produk sesuai dengan harapan. Selain itu, pemanufaktur kontrak harus memiliki kecakapan teknis at au keahlian manufak tur yang diperlukan untuk memproduk si barang yang dibutuhkan perusahaan p en g g una . S e t iap p emanu f ak t ur kontrak di seluruh dunia mungkin mengkhususkan diri dalam produksi bar ang ter ten tu: spe sialis a si ini harus menjadi per timbangan jika perusahaan pengguna menginginkan produk berkualitas unggul. Jaringan pasokan yang beragam juga akan menjadi nilai plus bagi pemanufaktur kontrak karena tidak saja memperluas keahlian mereka tetapi juga memperbanyak hal yang bisa ditawarkan mereka (tidak hanya produksi barang). Karena memiliki jaringan yang baik , kerja sama dengan pemanufaktur kontrak yang tidak hanya menawarkan produksi akan menguntungkan bagi kita. Terakhir, tak kalah penting juga adalah hubungan antara perusahaan pengguna dan pemanufaktur kontrak. Dalam bisnis, fak tor yang sangat menentukan keberha silan adalah kepercayaan dan pengertian. Kedua belah pihak harus saling memahami betul apa yang diinginkan dan dapat diberikan, dan harus saling percaya dalam konteks manufaktur sehingga tidak perlu ada mikromanajemen (kontrol berlebihan terhadap halhal kecil) yang justru mempertegang hubungan kedua belah pihak.

55


56 FEATURES

Menghidupkan

INDUSTRY 4.0

Dunia manufaktur telah memutuskan untuk ikut dalam rangkaian kereta Industry 4.0. Tapi ke mana sebenarnya kereta tersebut membawa kita di tengah era yang semakin serba terhubung ini? Craig Charlton, SVP, Asia Pacific Operations, Epicor memaparkan pandangannya

Editorial

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris Got a Question? Make An Enquiry.

ENQUIRY NUMBER

2405

Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com

M

anufak tur telah banyak mengalami perkembangan sejak Revolusi Industri abad ke-18. Revolusi Industri kedua terjadi pada era 1900-an, yang menjadi momentum dikenalk anny a produk si ma s s al . Pada akhir 1960-an, elektronik dan automasi lini produksi masuk ke lingkungan industri. Sekarang, kita memanfaatkan robotika dan mulai merasakan nilai guna dari 3D printing.

Kita sedang dalam transisi menuju Industry 4.0 atau revolusi industri keempat. Dalam dekade mendatang, Industry 4.0 akan muncul untuk menjawab kebutuhan konsumen akan produk-produk khusus dengan harga terjangkau â&#x20AC;&#x201C; dari ponsel hingga mobil, dan dari barang keperluan rumah tangga hingga instalasi plafon kayu. Pada saat yang bersamaan, revolusi akan membuat pemanufaktur bisa mengakses


APRIL - MAY 2016 â&#x20AC;˘ METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

Industry 4.0 akan muncul untuk menjawab kebutuhan konsumen akan produk-produk khusus dengan harga terjangkau â&#x20AC;&#x201C; dari ponsel hingga mobil, dan dari barang keperluan rumah tangga hingga instalasi plafon kayu.

proses produksi massal yang sangat f lek sibel , yang dapat langsung disesuaikan dengan perubahan pasar. Ini akan ter wujud berkat perpaduan dunia produk si dan jar ing an di l ing k ung an b er nama Internet of Things (IoT). Di lingkungan ini, perencanaan sumber daya perusahaan (Enterprise Resource Planning, ERP) akan semakin berperan sentral dalam produksi. Sistem ERP akan menjadi tulang pung gung jar ing an; meng hubung k an me sin pin t ar, s i s t em lo g i s t ik , f a s il i t a s produk si, s ens or, dan per ang k at s eir ing produk dan me sin s aling berkomunikasi dan bertukar perintah sewak tu produk menyusuri lini produksi. Vendor ERP harus beralih dari antarmuka dan formula jadi untuk mengembangkan sistem yang sangat

terhubung, yang mampu menjalankan operasi di level lini produksi sambil tetap menyediakan data real-time bagi pengambil keputusan bisnis. L a n t a s , s e p e r t i a p a s i s t e m ER P i tu, bag aimana per il akuny a , dan bagaimana cara kita memanfaatkan sistem seperti ini? Sistem ERP Industr y 4.0 ak an ter in te g r a si p enuh deng an si s t em p el ak s ana an manu f ak t ur (Manufacturing Execution Sy s t e m s , ME S). O le h k ar e nan y a , sistem ini akan dapat melacak dan m e n d o k um e n t a s ik a n p e r ub ah a n wujud dari bahan baku s ampai menjadi barang jadi. Kita ambil contoh pabrik botol. Setiap botol akan dilengkapi chip RFID untuk proses produk si. Chip ini berisi seluruh informasi produk seperti minuman yang akan diisikan, label yang diperlukan, dan warna tutup botol. Ketika botol tiba di pos kerja pertama pada lini produksi, chip RFID akan mengirimkan pesan ke MES,

yang kemudian akan memerintahkan mesin untuk mengisi botol dengan air yang tepat. Jika sudah selesai, proses tersebut akan direkam di chip RFID, dan botol beralih ke pos kerja berikutnya. Dengan tingkat konek tivit a s secerdas ini, ERP akan dapat memproses data analisis produksi dan pelaporan s t atus lini. Tim penjualan dan s t af manajemen akan dapat mengak ses informa si real-time melalui da sbor ERP untuk mengoptimalkan kondisi di bagian pabrik dan meningkatkan pesanan dan output produksi serta menginformasikan proses penjualan dan proyeksi bisnis. Indus tr y 4.0 menuntut kita meng gunakan cara baru dalam meng ak s e s ERP. Dar i r is e t bar ubaru ini, 65 persen pengambil keputusan bisnis mengatakan bahwa ak ses mobile ke ERP akan semakin penting, dengan 43 persen di antaranya menginginkan ak ses

57


58

METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA â&#x20AC;˘ APRIL - MAY 2016

melalui smartphone dan 38 persen melalui tablet. ERP untuk Indus tr y 4.0 jug a akan memungkinkan kar yawan m e n j e j a r i n g k a n p r o y e k- p r o y e k , meng gunakan sistem sebagai alat kerja sama sosial. Menurut penelitian, separuh lebih (57 persen) mengatakan hal ini akan menguntungkan komunikasi pelanggan dan pemasok, karena staf akan dapat menggunakan ERP untuk berbagi informa si dan menemukan solusi masalah secara proyek per proyek. ERP akan berfungsi sebagai satusatunya sumber kecerdasan bisnis di era Indus tr y 4.0, menyediakan keahlian , kon tek s , at au man f aat kapan pun dibutuhkan oleh pengambil keputusan bisnis. Pabrik Industry 4.0 yang cerda s akan menghilangkan diskontinuitas data antara pesanan pel ang g an dan jadw al produk si/ pemrosesan bahan baku, sehingga seluruh elemen bisnis dapat merasakan manfaat data â&#x20AC;&#x201C; entah itu tim penjualan atau pun produksi. Un t uk m e m e t ik m an f a a t dar i sistem ERP Industr y 4.0 yang ada s e k ar an g ini , p e r u s aha an dap a t melakukan langkah-langkah sederhana berikut ini

Untuk memaksimalkan manfaat ERP di era Industry 4.0, perusahaan harus mulai menyebarluaskan informasi di seluruh departemennya.

Analisis penggunaan ERP saat ini: Jika bisnis Anda sudah menggunakan E R P, s e k a r a n g l a h s a a t n y a mempertimbangkan kesesuaiannya dengan usaha Anda. Berapa banyak pengguna yang memanfaatkannya? Bisakah ditingkatkan dengan p el a t ihan? A p ak ah s ek ar ang saatnya untuk mulai menggunakan ERP di perangkat seluler guna mengembangkan utilisasi ke level yang lebih luas? Rangkul teknologi terbaru: Berbic ar a mengenai manuf ak tur, industri saat ini menikmati manfaat dar i ber bag ai inov a si bar u y ang menarik . 3D printing sudah mulai mengubah cara produk dibuat, karena pemanufaktur menggunakan teknologi ini untuk membuat model sebelum produk si b er jal an . Peman f a a t an teknologi terbaru akan membantu menyiapkan perusahaan menghadapi Industry 4.0 beserta ERP-nya. Tetapkan target: Seperti halnya semua implementasi baru, kita harus menetapkan KPI. Penilaian efek ERP baru akan membantu p er u s aha an m emahami man f a a t dan imbal hasilnya (ROI). Di Jerman,

National Academy of Science and Engineering memperkirakan Industry 4.0 bisa meningkatkan produktivitas industri sebanyak 30 persen. Jadi, jika sebuah perusahaan mampu menjawab tantangan Industry 4.0 dengan ERP yang terintegrasi dan cerdas, manfaat yang dirasakan akan sangat besar. Terapkan kerja sama lintas semua departemen: Untuk memaksimalkan manfaat ERP di era Industry 4.0, perusahaan harus mulai menyebarluaskan informasi di seluruh departemennya. Misalnya, informasi target penjualan dapat meningkatkan kinerja di lini produksi, sementara data stok dapat memudahkan pengelolaan perencanaan kiriman. Revolusi Industri keempat belum sepenuhnya dirangkul oleh dunia manufaktur. Tetapi jika sudah, kita akan melihat pabrik-pabrik cerdas, tempat mesin dan produk bekerja sama menggerakkan produksi. Perusahaan yang menerapkan teknologi (dan p r o s e s) u n t u k m e n g o p t i m a l k a n lingkungan baru akan tumbuh berkembang, dan kita bisa mengatakan ER P ak an m enjadi p er ek a t y an g menyatukan semua operasi.


FEATURES 59

MENGGANDAKAN Produktivitas

T

arget yang harus dicapai terbilang berat : meng gandakan produk si blok mesin V6 baru yang dibuat di Ferrara oleh FC A Cento. Namun, integrator sistem yang berbasis di Modena itu berhasil mencapai target dengan merancang dan mema sang lini y ang meny atuk an dua s el ident ik dan meng integ r a sik anny a deng an bantuan robot Comau. Sejak 1947, VM Motori telah dikenal di seluruh dunia sebagai produsen mesin diesel per forma ting gi untuk berbagai perusahaan di sektor otomotif, pertanian, dan kelautan, ser ta untuk aplikasi pembangkit listrik. Pabrik yang terletak di Ferrara itu telah lama menjalin kemitraan dengan integrator sis tem asal Modena y ak ni SIR SpA , untuk mengembang k an dan menyediakan solusi-solusi automasi industri ber teknologi tinggi. Integrasi dengan FCA Group membuat p er us ahaan y ang k ini dikenal deng an FC A C en t o i t u un t uk meng op t imal k an produk sinya lebih jauh lagi. Mengikuti f ilos of i manu f ak tur kuat , per us ahaan semakin memperkuat hubungan strategis antara bagian perancangan dan bagian

pengerjaan. Sejalan dengan perspek tif implementasi kapasitas produk si yang kontinu, dan berkat kerja sama panjang dengan SIR, perusahaan memasang lini otomatis baru yang dilengkapi dengan robot . Ha silnya adalah peningkat an signif ikan produk si panel kotak engkol untuk mesin diesel V6 baru berkapasitas tiga liter. Meningkatkan Lini Otomatis Permintaan FCA Cento kepada integrator sistem tersebut sangat tepat dan jelas â&#x20AC;&#x201C; pembuatan pabrik otomatis yang dapat menggandakan produksi blok mesin besituang baru. Permintaan lainnya adalah pemanfaat an mesin-mesin andal (dari s e g i mek anik a dan elek t ronik a), y ang akan memberikan nilai guna terbaik atas investasi yang dikeluarkan. â&#x20AC;&#x153;Perusahaan memiliki sel robot lama untuk pemuatan dan pengeluaran, yang dilengkapi dengan mesin perkakas dan robot Smar t H2,â&#x20AC;? demikian ungkap Davide Passoni, Kepala Litbang di SIR SpA. â&#x20AC;&#x153;Untuk memenuhi kebutuhan perusahaan, kami mengopt imalk an sel y ang ada deng an cara mengganti sistem mekanika dengan

Melalui implementasi lini baru yang dilengkapi robot yang terwujud berkat kerja sama antara SIR (integrator sistem berbasis di Modena) dan FCA Cento, produksi blok mesin baru untuk mesin diesel V6 3000cc naik dua kali lipat. Kontribusi dari Comau.

Editorial

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris Got a Question? Make An Enquiry.

ENQUIRY NUMBER Sel baru di pabrik FCA Cento menggunakan robot berkapasitas tinggi (110 kg), ideal untuk mengangkat blok mesin berat yang masing-masing bisa berbobot 21 kg.

2406 Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com


60

METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA â&#x20AC;˘ APRIL - MAY 2016

Comau Smart NJ 110, mesin yang digunakan oleh Sir Automazioni untuk automasi pabrik FCA Cento.

Comau Smart NJ 110, mesin yang digunakan oleh Sir Automazioni untuk automasi pabrik FCA Cento.

Dengan kapasitas beban 110 kg, robot ini dapat mengangkat blok mesin yang masing-masing berbobot 21 kg.

machining center dua-spindel baru dan memper tahankan robot lama y ang tel ah dig unak an ber t ahunt ahun untuk memproduk si blok mesin. Kami juga membuat sel b a r u y a n g i d e n t ik d a n m e m i l ik i tugas sama, yang terhubung ke sel p er t ama . S e l b ar u ini di s iapk an dengan machining centre yang s ama, dan dihubungkan ke robot Smart NJ 110 generasi baru. Langkah ini membuat FC A Cento bisa menggandakan produksi blok mesin yang bia sanya hanya dilakukan dengan satu sel robot.â&#x20AC;? Prosesnya: sabuk konveyor membawa potongan ment ah ke kedua sel untuk dibaca oleh sensor dan dimuat di dalam machining tool center, yang kemudian secara paralel menjalankan operasi mekanis untuk produksi blok mesin. Di akhir proses, robot mengambil bagian tersebut dan meletakkannya di meja berputar untuk kontrol dimensi. Berikutnya, jika telah sesuai persyaratan par ame ter dan toler ansi, bag ian tersebut akan dipindahkan ke mesin pencuci industri, dan proses pun selesai. Implementasi Tepat, Imbal Hasil Hebat B er k a t sis t em b ar u , p er us aha an dapat mengoptimalkan produksinya, meningkatkan kapasitas produk si secara drastis, yakni sekitar 60.000 blok mesin per tahun untuk satu lini. Operasi yang diimplementasikan oleh SIR ter s ebu t dikembang k an dalam berbagai t ahap, diakhiri

dengan pemasangan sel robot kedua pada Januari 2015. Sis tem otomatis ini telah memberikan banyak manfaat dalam beberapa bulan terakhir. Karena pemuat an dan pengeluaran dilakukan otomatis oleh robot, kita dapat mengalihkan tenaga karyawan yang tadinya untuk t ug a s b er a t dan b er ul ang - ul ang ke t ug a s y ang lebih k hu s u s dan ringan seper ti pemeliharaan atau pengelolaan lini produk si secara umum. Karena lini produk si tidak perlu menerapkan wak tu siklus yang terlalu ketat (sekitar 20 menit per sel, proses dibagi menjadi dua

f a s e, y ang di ak hir itu potong an diambil kembali), maka robot dapat diop t imal k an un t uk p enang anan bagian jadi seper ti blok mesin. Keandalan Menjadi Kuncinya Untuk automasi lini kedua, digunakan robot model Smar t NJ110. Dengan kapasitas beban 110 k g , r o b o t ini dap a t m e n g an g k a t blok me sin y ang ma sing -ma sing berbobot 21 kg. Juga, karena mampu menjangkau hingga 3 meter, robot ini dapat melakukan operasi perawatan m e s in p e r k a k a s d e n g a n m u d a h , ser ta semua operasi penanganan

Fitur penting lain dari solusi robotika Comau adalah kemudahan penggunaan, karena adanya manajemen unit kontrol yang sederhana dan intuitif.


APRIL - MAY 2016 â&#x20AC;˘ METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

Berkat jangkauannya, Comau Smart NJ 110 dapat melakukan perawatan mesin dan segala gerakan lain yang diperlukan dalam sel.

lain untuk mengef isienkan proses pr o duk s i . Si s t em y an g dip a s an g oleh SIR ini meng gunakan banyak komponen buatan FCA Cento, yang saat ini melayani klien-klien seperti Jeep, Chr ysler, Lancia, LTI (London Taxis) dan Maserati.

Increase in page views compared to highest number of page viewership in Q3 2015

Lini produk si ini dik hususk an untuk blok mesin dan panel kotak engkol mesin-mesin diesel V6 baru berkapasitas 3000cc, yang terpasang pada kendaraan-kendaraan seper ti M a s e r a t i G hib l i d an J e e p G r an d Cherokee. Berkat arsitek tur V6 60

Increase in page views since January 2016

derajat, mesin ini sangat ringkas dan serbabisa, ser ta dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan baik untuk aplikasi membujur maupun melintang. Oleh karenanya, mesin ini id e al un t uk s e dan , S U V, dan mobil kela s ting gi untuk pa sar yang mengikuti regulasi emisi EU 5 dan NAFTA. Selain memproduk si mesin diesel V6 baru, FC A Cento juga m en g emb an g k an m e s in V6 v er s i baru yang dapat menghasilkan tenag a lebih be s ar namun emisi lebih rendah. Kapasit as produk si blok me sin V6 un t uk t ahun 2015 adalah 115.000 unit per tahun, dan ang k a ini pun ma sih ing in ter us ditingkatkan. Produksi lain yang juga dilakukan perusahaan adalah mesin 4 - sil inder b er s ejar ah , y ang jug a diperuntukkan bagi pasar otomotif, dengan output 15.000 unit per tahun. Terakhir namun tak kalah penting, perusahaan juga memproduk si mesin untuk keperluan kelautan dan industri, dengan kapasitas sebesar 15.000 unit per tahun.

Increase of page per session since 2015

61


62 EVENTS & EXHIBITIONS

Tinjauan Acara:

MANUFACTURING INDONESIA & MACHINE TOOL INDONESIA

Jakarta International Expo Centre Jakarta, Indonesia December 2 – 5, 2015

Editorial

Artikel ini diterjemahkan dari bahasa inggris Got a Question? Make An Enquiry.

ENQUIRY NUMBER

2501

Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com

A

c ara Manufac turing Indonesia dan Machine Tool Indonesia yang berlangsung selama empat hari ini dihadiri oleh 37.579 pengunjung dari kalangan industri, menurut penyelenggara. Bagi mereka, hasil yang dikumpulkan selama pameran edisi ke-26 dan ke-29 itu telah menegaskan kembali reputasinya, dengan pembeli yang datang dari 36 negara/kawasan. Pameran deng an penyeleng g ara P T Pamerindo Indonesia ini digelar di area seluas 35.000 meter persegi, dan diikuti oleh 2000 perusahaan dari 40 lebih negara, yang membuktikan bahwa acara ini platform sumber pilihan untuk Indonesia dan kawasan. Per tumbuhan permintaan Indonesia terhadap inovasi di bidang manufak tur, peralatan mesin, dan teknik presisi jelas terlihat di acara. Berbagai kelompok produsen dan distributor menghadiri pameran untuk mendapatkan informasi terkini tentang teknologi yang layak dan solusi yang praktis untuk meningkatkan efisiensi, meningkatkan pro duk t i v i t a s , dan meng ur ang i biay a operasional. “Jumlah dan antusiasme peserta pameran, pembeli, dan pemangku kepentingan industri merupakan hal yang menggembirakan. Hal itu memperkuat status acara tahunan ini sebagai platform penting untuk komunitas manufaktur dan teknik presisi untuk menyesuaikan dengan perkembangan dan dinamika lingkungan operasi di Indonesia. Dari masukan yang diberikan oleh peserta pameran, mereka melihat arti penting kehadiran mereka dan bersikap optimis terhadap prospek pasar yang berkelanjutan,”

kata Maysia Stephannie, Senior Project Manager PT Pamerindo Indonesia. “Pameran empat hari itu menghasilkan catatan positif dalam transaksi penjualan. Banyak peserta yang mendapatkan kontak penting dan calon pembeli yang mencari solusi praktis dan layak untuk kebutuhan manufaktur mereka. Di antara sektor manufaktur, peralatan mesin, dan teknik presisi yang terlihat paling mengikuti perkembangan ini adalah sektor kedirgantaraan, otomotif, teknik presisi, listrik & elektronik, laut & pembuatan kapal, medis, minyak & gas, teknik proses massal, plastik & karet, bangunan & konstruksi, pipa & kawat, perkakas, die & mould, serta sektor manufaktur kontrak & subkontrak di Indonesia. Dengan kontak dan dialog langsung yang terjalin di antara pemasok dan pembeli selama pameran, jalan bagi kolaborasi dan per tumbuhan bisnis berikutnya semakin terbuka,” ujarnya melanjutkan. Ir Hadi Sujardipradja, sekretaris umum GIAMM memiliki komentar positif ketika ia menyebutkan bahwa acara tersebut telah mencapai banyak tujuan termasuk menghadirkan pengunjung berkualitas ke pameran dan memperlihatkan kepada mereka beberapa platform yang efektif yang menggugah insinyur, manufaktur, pengambil keputusan, dan profesional lainnya dari berbagai industri untuk mengeksplorasi teknologi potensial, mendongkrak aplikasi dan solusi yang relevan untuk kebutuhan manufaktur mereka. Manufacturing Indonesia dan Machine Tool Indonesia edisi ke-27 dan ke-30 akan digelar pada tanggal 30 November – 3 Desember 2016.


PRODUCT FINDER 63

Ini diterjemahkan dari bahasa inggris

Chicago Pneumatic: Gerinda Sudut CP75XX

Behringer HBE Dynamic Series

Behringer HBE Dynamic Series tersedia dalam enam model yakni 261A , 321A , 411A , 511A , 563A , dan 663A dengan jangkauan potong sendiri-sendiri, yang dapat digunakan untuk berbagai aplikasi perdagangan baja, pembuatan mesin dan perkakas, serta pengerjaan logam kelas tinggi. Deng an ma s a pak ai y ang s ang at panjang y ak ni lebih dari 400 potongan gergaji dalam bahan 42CrMo4 berdiameter 200 mm, HBE Dynamic series dari Behringer sudah dilengkapi double vice pada versi standarnya. Feed gripper mesin ini dirancang dengan gantri yang keras dan dipasang pada bantalan mengambang. Editorial

Got a Question? Make An Enquiry. Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com

ENQUIRY NUMBER

5601

CGTech dan MachiningCloud mengumumkan versi terbaru VERICUT yang memungkinkan pelanggan lama mengimpor seluruh paket tooling ke dalam VERICUT hanya dengan satu langkah mudah. VERICUT 7.4 memung k ink an peng g una l ang sung mengunduh semua unit alat di dalam paket ini dan menggunakannya di dalam VERICUT hanya dengan beberapa langkah alih-alih harus mengonfigurasi alat secara manual untuk keperluan simulasi. Prosesnya antara lain: menyusun tugas MachiningCloud yang berisi unit-unit alat, mengunduh tugas ke komputer lokal, mengeklik di dalam VERICUT setelah semua alat tugas diimpor, lalu terakhir simulasi menggunakan unit-unit alat yang baru saja dibuat di sistem. Got a Question? Make An Enquiry. Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com

Editorial

Got a Question? Make An Enquiry. Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com

ENQUIRY NUMBER

5603

Delcam: R2 ArtCAM Pro

CGTech: VERICUT 7.4

Editorial

Chicago Pneumatic meluncurkan gerinda sudut baru, CP75XX untuk pemeliharaan, perbaikan, dan operasi (MRO) industri. Produk ini menggunakan motor bertenaga 1,1 HP yang memiliki tingkat penyingkiran bahan yang tinggi, sehingga membantu pengguna mempersingkat waktu MRO. Desain dan gigi kerucutnya meningkatkan keawetan, yakni baru perlu diservis setelah 1000 jam. Produk ini memiliki bobot 3,5 lb. (1,6 kg), ukuran 10,6 inci (270 mm), menggunakan pengaman roda baja setelan yang dilengkapi dengan tuas pengaman dan saluran-masuk udara berputar 360 derajat. Produk ini menyediakan roda gerinda, roda pemotong, dan roda ampelas berukuran 4, 4,5, dan 5 inci.

ENQUIRY NUMBER

5602

D e lc am m emp er ke nal k an R 2 A r t C A M P r o, d en g an penyempurnaan seperti pembuatan struktur untuk 3D Printing, perancangan lebih mudah dengan vektor, opsi perancangan lebih banyak dengan pembaruan real-time, dan simulasi mesin yang lebih cepat. Keakur at an produk jug a s emak in t ing g i ber k at p enamb ahan p eng g ar is dal am t ampil an 3D un t uk mengha silkan kar ya dan untuk pemosisian elemen komponen yang lebih presisi. Terdapat juga dua opsi baru dalam strategi 3D offset. Produk ini mampu melakukan gerakan spiral dari luar ke dalam atau dari pusat ke luar, sehingga keausan alat menjadi berkurang dan lapisan permukaan akhir menjadi lebih baik. Juga, terdapat penghubung di-permukaan yang mengurangi durasi pembubutan. Editorial

Got a Question? Make An Enquiry. Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com

ENQUIRY NUMBER

5604


64

METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA • APRIL - MAY 2016

ESPRIT: Espritcam.com

ESPRIT mengubah situs web perusahaannya dengan logo baru bergaya 3D yang menggantikan logo asli perusahaan. Situs web baru ini merupakan situs yang mendukung multi-platform dan menggunakan navigasi yang lebih mudah bagi pengguna dari berbagai industri. Situs ini juga tersedia dalam sembilan bahasa dan memungkinkan pengguna merasakan langsung perangkat lunak ESPRIT yang disertai video edukasi di halaman utama. Situs web ini juga menyediakan banyak sekali informasi produk yang dikatalogkan berdasarkan sektor industri, mesin perkakas, atau jenis pembubutan yang ingin dilakukan. Halaman produk juga menyoroti kompatibilitas dengan perusahaan pembuat mesin perkakas, dukungan pelanggan yang lebih baik, dan post-processor bersertifikasi pabrik. Editorial

Got a Question? Make An Enquiry. Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com

ENQUIRY NUMBER

5605

Haas semakin memperluas jajaran produknya dengan DT-2 dan DM-2, machining centre ramping berkecepatan tinggi, yang laju akselerasi, kecepatan axis, dan waktu pergantian alatnya sama dengan versi terdahulu yang lebih kecil, namun menambah jangkauan X-axis dan panjang meja sejauh delapan inci. Kedua machining center ini memiliki spesifikasi yang hampir sama, hanya berbeda spindle taper dan tool changer. Kedua mesin menawarkan work cube berukuran 28” x 16” x 15,5” dan T-slot table berukuran 34” x 15”. Kedua produk ini juga memungkinkan rigid tapping berkecepatan tinggi hingga 5000 rpm, dengan empat kali lipat kecepatan penarikan. Got a Question? Make An Enquiry. Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com

Kasto memperkenalkan mesin gergaji terbaru dalam jajaran Kastowin, dinamai Kastowin F 10.6. Memiliki jangkauan pemotongan 1.000 x 1.060 mm dan dilengkapi meja penopang bahan yang bisa dipindahkan, mesin gergaji selendang otomatis ini ideal untuk pemanufaktur baja, pedagang baja, dan pembuat alat berskala besar karena mampu mengumpankan ingot (batangan logam), molding permanen, dan bahan bergeometri pra-tempa yang sedemikian rupa sehingga bisa memenuhi ketentuan proses Panjang penopang pada mejanya mencapai 2.600 mm, dengan jarak lintas 3.700 mm, kapasitas bantalan hingga 18 ton, dan bergerak pada kecepatan hingga tiga meter per menit. Editorial

Got a Question? Make An Enquiry. Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com

ENQUIRY NUMBER

5607

Laserdyne: CylPerf

Haas: DT-2 dan DM-2

Editorial

Kasto: Mesin Gergaji Kastowin F 10.6

ENQUIRY NUMBER

5606

Laserdyne memperbarui fitur kontrol proses laser S94P dengan penyempurnaan fiber lasering dan lewatan dalam pengeboran ketuk “on-the-fly” untuk lubang-lubang kecil bersudut dangkal pada pembakar mesin penerbangan. Pengeboran “on-the-fly” memiliki waktu siklus paling singkat untuk mengebor komponen logam lembaran, tetapi konsistensi lubang menjadi turun. Kontrol fiber lasering terbaru ini menghasilkan kualitas lubang yang lebih baik dari segi metalurgi dan geometri, serta memerlukan waktu siklus yang lebih pendek. Diperlukan waktu 0,3 detik per lubang (sebelumnya 1,2 detik per lubang) untuk mengebor komponen berpelapis termal, dengan ketebalan 1,5 mm, diameter lubang 0,4 mm, pada posisi 30 derajat dari permukaan. Editorial

Got a Question? Make An Enquiry. Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com

ENQUIRY NUMBER

5608


APRIL - MAY 2016 • METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA

Renishaw: DDS600 Long Travel Stage dan MLS203 Microscopic Stage MachiningCloud: Aplikasi MachiningCloud

MachiningCloud adalah aplikasi baru yang ditujukan untuk mengurangi wak tu pencarian, pemilihan, dan perakitan alat hingga 75 persen. Aplikasi ini menawarkan data hasil pemegangan komponen dan alat potong. Aplikasi ini menyediakan satu sumber akses data hasil terkini dari berbagai pemasok (dalam format digital, langsung dari desktop Anda. Selain data hasil, aplikasi juga menyediakan set alat terintegrasi untuk menjalankan data dengan mudah dan cepat, sehingga perakitan dapat berjalan lebih ef isien. Editorial

Got a Question? Make An Enquiry. Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com

ENQUIRY NUMBER

5609

Mastercam: Onshape Ap p Store

Mastercam, bersama dengan Onshape, meluncurkan aplikasi pribadi versi beta untuk individu tertentu. Aplikasi ini dimaksudkan untuk melayani pengguna CAD secara umum. Onshape A pp Store adal ah pa s ar ter buk a y ang menawarkan berbagai macam produk aplikasi teknik. Mastercam ingin menyediakan satu tempat terpusat yang dapat digunakan konsumen untuk menemukan dan membeli aplikasi. Aplikasi ini ingin menyediakan skema harga fleksibel yang dibarengi dengan jangkauan pasar yang luas dan akses mudah, yang tidak memerlukan negosiasi apa pun dengan reseller. Perusahaan berencana membuka app store ini ke khalayak umum pada awal 2016. Editorial

Got a Question? Make An Enquiry. Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com

ENQUIRY NUMBER

5610

Perusahaan peralatan optik, Thorlabs, memutuskan untuk menambah fitur enkoder TONIC dari Renishaw dengan DDS600 600 mm long travel stage dan MLS203 microscope stage miliknya. DDS600 menggunakan motor linear yang tidak perlu penggandeng mekanis, memungkinkan operasi yang bebas backlash sehingga operasi dapat diulang-ulang. Di produk ini juga disertakan redhead enkoder ringkas untuk integrasi dengan stage gerak berprofil rendah tanpa mengurangi kekokohan stage. MLS 203 juga menggunakan motor linear, dan memanfaatkan sistem enkoder Tonic dari Renishaw untuk menghasilkan step-size minimum 100nm, keterulangan dua arah ±0,25 μm, keakuratan homing ±0,25 μm, dan kecepatan maksimum 0,25 m/s. Editorial

Got a Question? Make An Enquiry. Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com

ENQUIRY NUMBER

5611

Sandvik Coromant: CoroDrill 880 Indexable Drill

Sandvik Coromant meluncurkan varian indexable drill yang lebih kuat, yang dirancang untuk meningkatkan ekonomi produksi dalam aplikasi pembuatan lubang berdiameter besar. CoroDrill yang diperkuat ini dilengkapi dengan bodi bor yang lebih baik, yakni 30 persen lebih kokoh dibanding pendahulunya, dan dapat digunakan untuk aplikasi empat atau lima kali diameter. Kombinasi bodi bor dan rantai Sandvik baru untuk baja dan besi tuang membuat alat lebih awet. Bor ini mampu menjangkau diameter lubang 12 hingga 84mm off-the-shelf, juga menjadi solusi teknis hingga 129 mm. Editorial

Got a Question? Make An Enquiry. Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com

ENQUIRY NUMBER

5612

65


66

METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA â&#x20AC;˘ APRIL - MAY 2016

Sunnen: Mesin Honing Horizontal SH-5000

Seco: Quattromail Face Mailing Cutter

Seco meluncurkan face milling cutter kelas umum dalam versi close-pitch baru, yang menggunakan rancangan insert screw baru dengan sistem penguncian centre-locking, serta memiliki kekuatan dan kepadatan yang lebih baik. Alih-alih mengunci dari depan, inser t screw Seco mengunci dari belakang kantong insert, sehingga tidak memerlukan wedge dan komponen tambahan lain, dan ruangan pun dapat digunakan untuk jumlah insert per diameter pemotong yang lebih banyak. Produk ini juga mampu melakukan pemotongan bebas, dilengkapi cutting rake positif, radial rake negatif, dan bisa mengakomodasi berbagai jenis insert standar, sehingga dapat digunakan untuk kondisi pembubutan stabil maupun tidak stabil. Editorial

Got a Question? Make An Enquiry. Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com

ENQUIRY NUMBER

5613

Sunnen memperkenalkan mesin honing horizontal baru yang hemat biaya dan siap untuk automasi pemrosesan gear, bushing turbocharger, dan komponen-komponen kecil lainnya. Produk ini memiliki penggerak spindel berdaya 4,1kW (5hp) dan penggerak stroker 1,1-kW (1,5hp), jangkauan carriage 392mm, kecepatan spindel setelan 200 hingga 3.000 rpm, dan laju stroke 10 hingga 550 SPM. Produk ini juga dilengkapi dengan kontrol waktu siklus yang mencegah glazur abrasif. Layar sentuhnya yang berukuran 225-mm (9 inci) menyediakan banyak sekali program komponen. Dengan layar penyiapan dan pengoperasian yang mudah, operator yang belum berpengalaman pun dapat menjalankan mesin secara lebih efisien. Editorial

Got a Question? Make An Enquiry. Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com

ENQUIRY NUMBER

5615

Walter Tools: Bor Mikro Walter Titex DB133 Schaeffler: Baja Karbonitrida Mancrodur

Schaeffler merilis lapisan baja baru yang meningkatkan masa operasional FAG multi-row tapered roller bearing. Seal dan kualitas X-Life merupakan dua elemen kinerja bantalan yang dapat ditingkatkan sesuai kebutuhan. Carbonitriding (pengerasan permukaan) memungkinkan lapisan permukaan ring bantalan diisi dengan karbon dan nitrogen yang lebih banyak, sehingga dihasilkan ketahanan aus dan kekerasan permukaan yang lebih tinggi. Lapisan baru ini juga meningkatkan masa operasional ketika menghadapi overrolling dan gesekan kombinasi, serta meningkatkan umur kelelahan apabila dilumasi dengan baik. Editorial

Got a Question? Make An Enquiry. Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com

ENQUIRY NUMBER

5614

Walter Tools meluncurkan bor mikro terbarunya bernama Titex DB133. Bor ini menggunakan bahan kelas WJ30EL dan WJ30ER, yang memang dirancang khusus untuk bor mikro agar tahan aus. Mata pisau bor yang seragam dan toleransi yang ketat, menghasilkan lapisan permukaan komponen kerja yang baik. Geometri flute khusus memungkinkan penyingkiran serpihan halus (swarf), sehingga dapat dihasilkan kedalaman lubang hingga 8 x Dc. Bor puntir mikro karbida solid ini dapat digunakan di berbagai bahan ISO kelompok P, K, dan N. Kisaran diameternya adalah 0,5 hingga 2,85mm. Oli atau emulsi dapat digunakan sebagai pendingin. Editorial

Got a Question? Make An Enquiry. Turn to page 68a to enquire or log on to: www.equipment-news.com

ENQUIRY NUMBER

5616


APRIL - MAY 2016 • METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA EXHIBITION

APRIL 26 – 28

MTA Hanoi 2016

I.C.E. Hanoi (Cung Van Hoa) Cultural Palace

91 Tran Hung Dao Str., Hanoi, Vietnam Singapore Exhibitions Services Pte Ltd

MAY 11 – 14

Intermach Thailand 2016, Sheetmetal 2016, Subcon 2016

Bangkok International Trade & Exhibition Centre (BITEC) 88 Bangna-Trad Road (Km.1), Bangna Bangkok 10260, Thailand UBM (Thailand) Co Ltd

25 – 28

Metaltech 2016

Putra World Trade Centre Kuala Lumpur, Malaysia 41, Jalan Tun Ismail, 50480 Kuala Lumpur, Malaysia Trade Link ITE Sdn Bhd

AUGUST 3–6

Manufacturing Surabaya 2016

Grand City Convention & Exhibition Centre

JL. Walikota Mustajab, Kusuma Banja, Surabaya 60272, Indonesia PT Pamerindo Indonesia

Manufacturing Expo 2016, Intermold Thailand 2016, Nepcon Thailand 2016 Bangkok International Trade & Exhibition Centre (BITEC) 88 Bangna-Trad Road (Km.1), Bangna Bangkok 10260, Thailand Reed Tradex Company

JULY 5–8

MTA Vietnam 2016

Saigon Exhibition & Convention Center (SECC)

799 Nguyen Van Linh, District 7, Ho Chi Minh City, Vietnam Singapore Exhibition Services Pte Ltd

25 – 29

Euro Blech 2016

Deutsche Messe Hannover Messegelände D-30521 Hannover Germany Mack-Brooks Exhibitions Ltd

SEPTEMBER 22 – 24

NOVEMBER 23 – 26

Myanmar Event Park

Bangkok International Trade & Exhibition Centre (BITEC)

Manufacturing Myanmar 2016

Shin Saw Pu Rd, Yangon, Myanmar Singapore Exhibition Services

OCTOBER 6–8

Metalex Vietnam 2016 Saigon Exhibition & Convention Center (SECC)

799 Nguyen Van Linh Parkway, District 7, Ho Chi Minh City, Vietnam Reed Tradex

25 – 27 JUNE 22 – 25

PROGRAMMES 67

Indometal 2016

Jakarta International Expo (JIExpo)

Gedung Pusat Niaga Lt. 1 Arena PRJ Kemayoran Jakarta 10620 Indonesia Messe Dusseldorf Asia

Metalex Thailand 2016

88 Bangna-Trad Road (Km.1), Bangna, Bangkok 10260, Thailand Reed Tradex

NOVEMBER 30 – DECEMBER 3

Manufacturing Indonesia 2016

Jakarta International Expo (JIExpo)

Gedung Pusat Niaga Lt. 1 Arena PRJ Kemayoran Jakarta 10620 Indonesia PT Pamerindo Indonesia


68 ADVERTISING INDEX METALWORKING EQUIPMENT NEWS INDONESIA • APRIL - MAY 2016

ADVERTISER

MESSE DUSSELDORF ASIA (INDOMETAL 2016)

PAGE NO.

ENQ NO

11

012

Be Heard Be Seen Be Reached

OKUMA CORPORATION

IBC

009

OPTICAL GAGING (S) PTE LTD

IFC

039

www.equipment-news.com

PT DMG MORI SEIKI INDONESIA

BC

011

HEAD ADVERTISING SALES OFFICE PT PAMERINDO INDONESIA (MANUFACTURING SURABAYA 2016)

09

005

EASTERN TRADE MEDIA PTE LTD 12 Hoy Fatt Road #03-01 Bryton House Singapore 159506

REED TRADEX COMPANY (MANUFACTURING EXPO 2016)

TRADE LINK ITE SDN BHD (METALTECH 2016)

07

03

010

008

Manufacturers and advertisers that are featured in this issue will send you free information about their products and services. Fill up the Product Enquiry Form on-line at www.equipment-news.com.

Tel: (65) 6379 2888 Fax: (65) 6379 2885 E-mail: apmen@epl.com.sg

This index is provided as an additional service. The publisher does not assume any liability for errors or omissions. The closing date for placing advertisements is not less than FOUR WEEKS before the date of publication. Please contact our nearest advertising office for more details.


www.equipment-news.com MASUKKAN NOMOR PERTANYAAN PRODUK DI SINI UNTUK INFORMASI CEPAT! PENDAFTARAN NO. PEMBACA ANDA:__________ Tanyalah online@www.equipment-news.com ATAU Lengkapi dan pos ke: Eastern Trade Media Pte Ltd, 12 Hoy Fatt Road, #03-01 Bryton House, Singapore 159506 atau Fax: 65-6379 2885 (Singapore) Kepada: Manajer, Departemen Sirkulasi,

No. 2 2016

Dari (Nama Keluarga)_____________________________ (Nama Diberi)______________________________ Jabatan Petugas:__________________________________ Perusahaan:_____________________________________ Alamat:________________________________________ _____________________________________________

Apakah anda ingin menerima (terus menerima) Metalworking Equipment News Indonesia? ❑ YA / ❑ TIDAK (tidak sah tanpa tandatangan) Tandatangan_________________ Tarikh________________

Negara: _________________ Tel: ______________ Fax: ________________Email: ______________________

MASUKKAN NOMOR PERTANYAAN (Lihat Indeks Periklanan untuk nomor pertanyaan Pengiklan)

Perhatikan: Formulir ini harus dilengkapi dan ditandatangani.______ JENIS PRODUK YANG AKAN DIBELI DALAM 12 BULAN MENDATANG ❍ Alat Potong ❍ Alat Mesin ❍ Software

❍ Metrologi

❍ Lainnya_____________

JENIS USAHA (Silahkan ✔ SATU kotak saja) Apakah anda menggunakan LOGAM dalam produksi / manufaktur proses anda? Apakah anda menggunakan peralatan mesin dan peralatan terkait? Apakah anda menggunakan sistem otomatisasi & peralatan?

❑ Ya  ❑ Ya  ❑ Ya 

❑ Tidak ❑ Tidak ❑ Tidak

PROSES LOGAM ANDA MENGGUNAKAN? (Harap spesifik) ❑ 300 ❑ 303 ❑ 306 ❑ 309 ❑ 315 ❑ 318

❑ 321 ❑ 324 ❑ 301 ❑ 304 ❑ 307 ❑ 310

CNC Machining Milling Gear Cutting Grinding Stamping Shearing

EDM/ECM Inspection/Measuring/Testing Design with CAD/CAM Drilling/Boring Tapping/Threading Lapping/Honing

❑ 313 ❑ 316 ❑ 319 ❑ 322 ❑ 302 ❑ 305

Forging Rolling Die Casting Welding Turning Coil Forming

❑ 308 ❑ 311 ❑ 314 ❑ 317 ❑ 320 ❑ 323

Broaching Plastic Moulding Pressworking Automated Assembly Beading Electroplating

❑ 350 LAINNYA (Harap sebutkan)__________________________________________________________________________________________

KEGIATAN USAHA ANDA (Harap spesifik) ❑ 221 ❑ 150 ❑ 222 ❑ 120 ❑ 223 ❑ 122 ❑ 123

Basic Metal/Foundaries/Mills Electrical & Electronics production Telecommunications Equipment Manufacturing Aircraft maintenance/components mfg. Dies & Moulds mfg. Motor Vehicles Parts Shipbuilding

❑ 160 ❑ 180 ❑ 200 ❑ 224 ❑ 078

Design & Consultancy Services Govt bodies, Trade Assns, Exhibitions Cos. Agent/Distributor/Trader of Machine Tools & Accessories Mechanical, Fabrication and all other metal engineering works LAINNYA (Harap sebutkan)_______________________________

FUNGSI TUGAS (Harap spesifik) ❑ 021 Manajemen Senior & Tengah ❑ 023 Rekayasa Pemeliharaan ❑ 025 Penelitian & Pengembangan

❑ 028 Pengujian & Pemeriksaan ❑ 022 Rekayasa Produksi ❑ 024 Kontrol Kualitas / Jaminan ❑ 030 Penjualan & Pemasaran ❑ 027 LAINNYA (Harap sebutkan)

❑ 026 Rekayasa Desain ❑ 029 Pembelian / Alih daya

SAIZ PERUSAHAAN ❑ 001 1 – 10

❑ 002 11 – 30

❑ 003 31 – 50

❑ 004 51 – 100

❑ 005 101+


www.equipment-news.com SALINAN PRIBADI FORMULIR PEMESANAN CEPAT

Dari (Nama Keluarga)________________________________ (Nama Diberi)_________________________ Perusahaan: ________________________________________ Jabatan Petugas:_________________________ Alamat:__________________________________________________________________________________ Negara: __________________________________________ Nomor Telepon: ________________________ E-mail:____________________________________________ Fax No:______________________________ Tandatangan _______________________________________ HARGA PEMESANAN

Tarikh________________________________ Mulai Dari:

Airmail (1 TAHUN - ENAM ISU)

Tahun

Bulan

■ US$97.00 ■ Cek / Bank Draft - dibayarkan kepada

Eastern Trade Media Pte Ltd

■ Amex

■ Visa

■ Mastercard

Nama pemegang kad

■ Telegraphic Transfer Payment

ANZ BANK SINGAPORE Bank Address: 50 Raffles Place #01-03 Singapore Land Tower S(048623) Bank Code: 7931 Branch Code: 050 Swift Code: ANZBSGSX USD Account No.: 703538USD00001 EURO/SGD Account No.: 703538SGD00001 Company: Eastern Trade Media Pte Ltd

Nomor Akun

ID Keamanan –

Tanggal kedaluwarsa

Tandatangan

• Receipt hanya akan dikeluarkan atas permintaan!

JENIS USAHA (Silahkan ✔ SATU kotak saja)

Apakah anda menggunakan LOGAM dalam produksi / manufaktur proses anda? Apakah anda menggunakan peralatan mesin dan peralatan terkait? Apakah anda menggunakan sistem otomatisasi & peralatan?

❑ Ya  ❑  Ya  ❑  Ya 

❑ Tidak ❑ Tidak ❑ Tidak

PROSES LOGAM ANDA MENGGUNAKAN? (Harap spesifik) ❑ 300 ❑ 303 ❑ 306 ❑ 309 ❑ 315 ❑ 318

CNC Machining Milling Gear Cutting Grinding Stamping Shearing

❑ 321 ❑ 324 ❑ 301 ❑ 304 ❑ 307 ❑ 310

EDM/ECM Inspection/Measuring/Testing Design with CAD/CAM Drilling/Boring Tapping/Threading Lapping/Honing

❑ 313 ❑ 316 ❑ 319 ❑ 322 ❑ 302 ❑ 305

Forging Rolling Die Casting Welding Turning Coil Forming

❑ 308 ❑ 311 ❑ 314 ❑ 317 ❑ 320 ❑ 323

Broaching Plastic Moulding Pressworking Automated Assembly Beading Electroplating

❑ 350 LAINNYA (Harap sebutkan)

KEGIATAN USAHA ANDA (Harap spesifik) ❑ 221 ❑ 150 ❑ 222 ❑ 120 ❑ 223 ❑ 122

Basic Metal/Foundaries/Mills Electrical & Electronics production Telecommunications Equipment Manufacturing Aircraft maintenance/components mfg. Dies & Moulds mfg. Motor Vehicles Parts

❑ 123 ❑ 160 ❑ 180 ❑ 200 ❑ 224 ❑ 078

Shipbuilding Design & Consultancy Services Govt bodies, Trade Assns, Exhibitions Cos. Agent/Distributor/Trader of Machine Tools & Accessories Mechanical, Fabrication and all other metal engineering works LAINNYA (Harap sebutkan)_______________________________

FUNGSI TUGAS (Harap spesifik) ❑ 021 Manajemen Senior & Tengah ❑ 023 Rekayasa Pemeliharaan ❑ 025 Penelitian & Pengembangan

❑ 028 Testing & Inspection ❑ 022 Rekayasa Produksi ❑ 030 Penjualan & Pemasaran ❑ 024 Kontrol Kualitas / Jaminan ❑ 027 LAINNYA (Harap sebutkan)

Kirim FORMULIR PEMESANAN ini kepada Departemen Sirkulasi Cepat, Eastern Trade Media Pte Ltd 12 Hoy Fatt Road, #03-01 Bryton House, Singapore 159506 atau Fax: (65) 6379 2885 Perhatikan: Formulir ini harus dilengkapi dan ditandatangani.

❑ 026 Rekayasa Desain ❑ 029 Pembelian / Alih daya


ENQUIRY NO 009


ENQUIRY NO 011

M.E.N. Indo April - May 2016  

Metalworking Equipment News Indonesia

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you