Page 1

EASE JANUARI2013//EDISI I

A L E RT ! A I ES EC B GYC G LP

MUSIC,

a RHYTHM AND LIFE'S BEAT

SUIT UP

STREET STYLE TREND REPORT

WANDERLUST

BITTER SWEET DAYS IN HYDERBAD

DIRECTORY

FOLK


“Music is what feeling sounds like”


MODEL : TAZKYA FEBYANI & ARI ARIANTO PHOTOGRAPER BY : BAYU ADHIKA MAKE UP : PRASTITA W PONTJOWINOTO STYLIST : VINCENTYA STELLA


LETTER FROM EDITORIAL

M usic is a part of every people’s life. Sejak kecil kita sudah dikenalkan kepada musik, baik sekedar untuk hiburan maupun

untuk kepentingan lain seperti untuk membantu belajar dan lainnya. Ever since, music play a huge part in our life. Kita hampir tidak pernah jauh dari musik, mulai dari menonton tv, saat mendengarkan radio di mobil, bahkan saat sedang sekolah atau ke kampus. Selain itu musik juga banyak membantu kita. Baik saat kita kecil dimana guru kita membuat lagu atas materi pelajaran agar kita dapat lebih mudah mengingat, maupun saat dewasa ketika kita merasa sedih atau kurang bersemangat lalu kita mendengarkan lagu up beat untuk mengembalikan semangat kita yang menurun. Selain itu musik juga bersifat personal, dimana seringkali saat kita mendengar suatu lagu lalu kita teringat akan suatu kejadian atau memori yang berkaitan dengan lagu tersebut. ali ini EASE mengangkat musik sebagai tema, dimana musik memiliki fungsi dan manfaat yang sangat kaya. Mulai dari media untuk berekspresi hingga sebagai inspirasi. Kami ingin our dearest reader untuk ‘tenggelam’ di dunia musik dan segala manfaat yang dimilikinya melalui artikel-artikel menarik yang kita persembahkan kali ini. So let’s flip trough the pages and be inspired!

K

Editor in Chief Michaela Talitha

JANUARI 2013 EASE

5


EASE

REDAKSI CEO

AMANDA PUTRI

Editor in Chief MICHAELA TALITHA Managing Editor KHARISMA LARASNDARU P Fashion Editor ALDILA RIANY ANANDA Feature and Lifestyle Editor DIMAS FERDIANDIKA Marketing dan Budgeting ARINA RESYTA RAHMA AIESEC News Editor

ICON ANGGITA MAHARANI

8

COFFE TALK ALBION TO CARDIA ADAM SAYS

11

WANDERLUST BITTER SWEET DAYS IN HYDERABAD

13

DIRECTORY FOLK : TENTANG PESAN DAN PERASAAN YANG TERSAMPAIKAN SUIT UP STREET STYLE TREND REPORT EYE SPY THE MOST ANTICIPATED HAIR TRENDS FOR 2013 30 Fall Men EYE SPY HAIM DIIV BLAST OFF BINGBANG ALIVE GALAXY TOUR 2012 KEANE STRANGLAND AIESEC ALERT EASE RADIO SOCIAL ENTERPRISE

17

19

28 30

35

GILANG PUTRA JAYA Creative & Layout Editor SHELLY GABRINA SANI AIESEC LC BaANDUNG Jl. Tubagus Ismail No. 40 Lt 2 Bandung - Jawa Barat 40132 www.aiesecbandung.org @AIESECBANDUNG

Konten JANUARI 2013


KONTRIBUTOR

Nandya Gita

Kecintaannya terhadap fashion dan New York city sangat melekat pada kepribadian perempuan berambut hitam ini. Ketertarikannya terhadap musik pun mendorongnya untuk menulis sebuah artikel dengan tema terkait pada edisi kali ini.

Anugrah Wahyudi

Lelaki yang tertarik dengan musik folk ini turut menyumbang artikel yang berisi karakterisasi folk revival yang dirasakan Bob Dylan dan musisi lainnya.

Damianus Andreas

Sepulangnya dari exchange nya ke India, lelaki berdarah Jawa yang akrab disapa Omi ini aktif berorganisasi dalam bidang External Relation di AIESEC Bandung. Ia pun berbagi cerita mengenai perjalanan seru nya ke India dalam edisi kali ini.

JANUARI 2013 EASE

7


ICON

EASE! Dirubrik Alumni Corner kali ini, kita ngewawancarain salah satu AIESECer yang baru jadi alumni, siapa dia? Yuk kita simak wawancara dengan Anggita Maharani yang pernah menjabat sebagai LCVP Finance 10/11

JANUARI 2013 EASE

8


ICON Apa sih yang dulu memotivasi Kak Anggit untuk masuk AIESEC?

Dulu awal tertarik masuk AIESEC gara-gara temen kampus, namanya Bayu, dia hobi banget promosiin AIESEC ke gue, dia juga se aktif itu loh di AIESEC hehe makanya gue pengen apply. Gue masuk AIESEC di tahun kedua gue kuliah pas 2009 dan recruitmentnya pun bukan untuk exchange waktu itu tapi jadi member biasa, oia, dulu juga sempet takut apply karena bahasa inggris gue ngga se oke itu, jadi pas pengumuman keterima jadi member, senengnya banget-banget :) Dulu saat masih aktif di AIESEC Bandung, Kak Anggit pernah menjabat apa saja? Bisa diceritakan?

Waktu tahun-tahun awal di AIESEC, track record gue lebih condong ke ER, dari staff ER sampai jadi manager ER, nah pas tahun terakhir gue apply jadi LCVP Finance. Kenapa dulu milih ER karena major gue akuntansi, kan statis banget tuh ranahnya, makanya gue pengen nyoba yang beda, di ER gue belajar bayak hal dari mulai markerting sampai ke networking. Akhirnya gue ambil Finance di AIESEC karena pengen mengaplikasikan ilmu-ilmu di kuliah gue, kapan lagi kan dapet kesempatan buat ‘trial’ working experience :) Apa motivasi Kak Anggit untuk higher role?

Banyak pertimbangan gue buat sampai akhirnya apply higher role jadi LCVP Finance, dulu sama sekali ngga ada keinginan gue buat apply LCVP, karena dulu gue mikirnya jadi LCVP bakalan sibuk banget dan juga workloadnya yang besar, bisa makin susah ngeluangin waktu buat stakeholder gue pada saat itu. Tapi akhirnya gue mutusin apply, pas application round terakhir, banyak pertimbangannya, mulai dari inget gimana AIESEC mendevelop gue, karena pengen berkontribusi balik buat AIESEC, sampai alignment ke personal goal gue karena disini gue bisa belajar banyak, dan gue juga pengen ngebuktiin ke diri sendiri kalo jadi LC EB itu tetep bisa work life balance ko semua tergantung ke masing-masing orang :)) Hal-hal apa saja yang berkesan dan tidak terlupakan selama menjadi bagian dari AIESEC Bandung?

Banyak momennya, tapi yang paling keinget ya setahun jadi Executive Board, super intens dan banyak banget development yang gue dapet, terutama dari setiap fruitful talks sama temen-temen di AIESEC, bikin kangen :’)

JANUARI 2013 EASE

9


ICON

Apa yang Kak Anggit syukuri karena pernah menjadi bagian dari AIESEC?

Membantu gue berkembang, lebih mengenal diri sendiri dan bertanggung jawab sama apa yang gue lakukan, also, here, I’ve met lots of inspiring people and found greatest friends in the world, alhamdulillah sekali :) Kak Anggit sudah bekerja kan ya nih, nah apa sih dampak dari ikut sertanya Kak Anggit di AIESEC terhadap pekerjaan Kak Anggit sekarang?

Karena sebenernya di AIESEC, we’re bench marking multi national company, pas awal masuk kantor gue menemukan banyak hal yang ‘eh dulu kan di AIESEC kaya gini juga’, kaya misalnya proses induction, mentoring, company values & way, sampai ke performance appraisal, bangga juga sih dalem hati. Ya jadi lebih wise menghadapi dunia kerja kali ya, ngga kaget lagi, I’m working as a junior auditor right know, kebayang lah lembur-lemburnya, tapi yaudah, dibawa seneng aja ngejalaninnya, sampe sempet ada senior gue yang komen ‘Nggit, lo kuat juga ya ngelembur ternyata’, hahaha dia ngga tau organisasi apa yang telah ‘menempa’ gue :D Intinya sih lebih berkomitmen sama bertanggung jawab sama apa yang dikerjakan, sekecil apapun peran lo, it does matter soalnya. Adakah pengalaman unik atau hal-hal yang bisa dikatakan “keberuntungan” karena AIESEC ketika melamar pekerjaan?

Selama ini suka banyak yang nanya ‘Kak kalo bilang dulunya anak AIESEC jadi lebih gampang ngga sih pas ngelamar kerja?’ jawabannya depend banget, syukur kalo perusahaan yang lo lamar tau organisasi yang namanya AIESEC, kalo ngga? hehe in my humble opinion, bukan nama AIESECnya yang dijual tapi thanks to AIESEC, karena proses di dalam organisasi ini yang bisa mendevelop membernya sampai segitunya, sehingga lo bisa punya ‘sesuatu’ yang bisa diceritain pas interview kerja, dan itu yang biasanya jadi nilai plus pas interview. Haha ‘keberuntungannya’ ya pas interviewer gue malah jadi antusias pas gue ceritain apasih AIESEC itu dan kegiatannya, tapi biasanya perusahaan lebih tertarik ke peran dan kontribusi apa sih yang sudah lo lakukan buat organisasi lo, gitu :) Apa harapan dan saran Kak Anggit untuk AIESEC Bandung ke depannya?

Semakin besar berarti harus semakin impactful to society ya AIESEC Bandung, buat membernya be happy, be grateful, and enjoy what you do :) Last words boleh ngga? Hehe

Selama 3 tahun di AIESEC gue selalu percaya akan ada learning yang didapet dari setiap proses yang gue jalanin di AIESEC, itu sih yang bikin semangat dan enjoy buat ngejalanin kehidupan perAIESECan gue dulu, dan trust me, learningnya worth it banget ko, hihi mudah-mudahan semua temen-temen di AIESEC juga mikir hal yang sama, jadi kalo capek ataupun jenuh, inget aja learningnya :))

JANUARI 2013 EASE

10


COFFEE TALK

ALBION TO ARCADIA

B

ermula dari satu tempat nongkrong yang sama dan adanya kesukaan dari kita terhadap sebuah band indie bernama Vincent Vega yang kebetulan adalah senior di tempat nongkrong kami, akhirnya terbentuk lah band ini sekitar maret 2010. Banyak terinspirasi oleh musik-musik indie, experimental, alternative, progressive, dan math-rock. Kita semua bisa mendengar perpaduan dari semua genre tadi melalui lagu-lagu mereka yang terdistorsi dengan semangat dan tentu saja dengan cita rasa mereka sendiri. Nama Albion To Arcadia itu sendiri merupakan pemikiran dan istilah yang terkenal dari Pete Doherty “ The Libertines” yang terinspirasi dari kata Albion yang merupakan nama kuno sebuah pulau yang terkenal karena keburukan dan segala kejahatannya sebelum akhirnya berubah dan kita kenal sebagai Great Britain saat ini. Sedangkan Arcadia itu sendiri adalah nama sebuah kerajaan yang terletak di sekitar yunani, yang terkenal

karena kejayaannya pada saat itu. Jadi Albion To Arcadia itu sendiri berarti “dari sebuah keburukan yang berganti menjadi sebuah kejayaan”. Ari Arianto as Vocalist Dwiky Hardika Pamungkas as (Lead) Guitarist Rachmatilovski Valdio as (Rhythm) Guitarist Adrian Dharmalukita as Bassist Andhika Kautsar as Drummer Genre: Art Rock Influence: Vincent Vega, Sparta, Queens of The Stone Age, Bloc Party, Interpol, And So I Know You Watch From Afar, The Mars Volta, Stone Temple Pilots, Adebisi Shank.

JANUARI 2013 EASE

11


COFFEE TALK

ADAM SAYS

Adam Says

adalah sebuah solo proyek musik “One Man Band” oleh Yusuf Adam, dikatakan One man Band karena dalam album yang sedang diproduksinya saat ini, Ia mengerjakan semuanya sendiri. Mulai dari penulisan lagu dan lirik, perekaman seluruh instrument dan vocal, termasuk pengerjaan design dan packaging album. Album debutnya ini diberi judul “Space Between Us” yang mana di dalamnya terdiri dari 15 lagu yang Ia tulis sejak tahun 2008 hingga saat ini. lagu-lagunya lebih banyak bercerita tentang dunia disekitarnya seputar percintaan, ambisi, argumentasi, dan pendapat apa yang ia ingin coba sampaikan pada keluarga dan orangorang terdekat disekitarnya yang selama ini ia pendam. Terdapat 15 lagu yang akan ia kemas dalam 1 album, beberapanya adalah : the sunshine, sunrise, pouring rain, sixteen in uniform dan paint blue. Ia juga senang mengcover lagu-lagu dari seorang penyanyi luar bernama “Paolo Nutini”. Berinteraksilah dengan Adam lewat twitter : @adamtwits untuk mengetahui apa yang sedang ia kerjakan dan stage terdekatnya.

JANUARI 2013 EASE

12


WANDERLUST

Bitter Sweet Days in Hyderabad Oleh Damianus Andreas

“Meskipun kaya dengan bangunan-bangunan bersejarah, namun Hyderabad juga kota yang memiliki nuansa perkotaan yang menyenangkan�

JANUARI 2013 EASE

13


WANDERLUST

S

iapa dari kalian yang belum pernah menonton film India? Saya sih yakin, meskipun tak semua dari kalian menggemari film India, tapi pasti pernah, meski hanya sekilas, nonton film India. Bulan Juli 2012 lalu, saya mempunyai kesempatan untuk pergi ke India. Memang saya tidak pergi ke kawasan Golden Triangle (New Delhi – Jaipur – Agra), akan tetapi saya pergi ke Hyderabad. Untuk yang bertanya-tanya, apa iya sih India itu keadaannya seperti di film-film itu? Maaf, tetapi menurut pandangan saya pribadi tidak sepenuhnya seperti itu sih. Hehehe.. Okay, biarkanlah saya bercerita mengenai Hyderabad dulu. Hyderabad adalah kota ke-4 dengan penduduk terbanyak di India. Kalau di Jakarta ada Monas, maka di Hyderabad ada Charminar. Charminar sendiri dibangun pada tahun 1591 oleh Sultan Muhammad Quli Qutb Shihah. Charminar yang merupakan bahasa Urdu dan berarti four towers ini letaknya ada di satu area dengan Laad Bazaar, yang merupakan pasar yang sangat besar dan selalu ramai. Di Laad Bazaar, bagi

yang memang hobi belanja mungkin ini bisa menjadi salah satu surga di Hyderabad. Karena dalam Laad Bazaar bisa ditemukan berbagai macam jenis barang, mulai dari kainkain sari, pakaian, sampai bumbu-bumbu dapur. Tempat ini sangat cocok bagi yang mau mendapatkan barang-barang tersebut untuk dijadikan oleh-oleh dalam jumlah yang banyak, namun tidak merogoh kocek yang terlalu banyak. Tapi jangan harap suasananya nyaman. Orang-orang di sana berjalan menyusuri jalan dan para pedagang berjualan secara tidak teratur. Pemandangan yang sangat semrawut juga penuh dengan alat transportasi andalan masyarakat Hyderabad bernama auto (di Indonesia namanya Bajaj), sepeda motor dengan pengendaranya yang tidak memakai helm dan mobil-mobil pribadi yang berjalan secara tidak beraturan adalah sebuah pemandangan sehari-hari di sana. Tapi biasakanlah, karena kesemrawutan lalu lintas adalah sebuah hal yang biasa di Hyderabad.

Sangat dekat dengan Laad Bazaar dan Charminar itu ada Mecca Masjid. Masjid yang pernah dibom pada tahun 2007 ini memang sangatlah indah. Meskipun berupa tempat ibadah, namun siapa saja boleh masuk ke dalam area masjid ini untuk sekadar berfoto-foto, bersantai dan memberi makan burung-burung yang ada di area masjid tersebut yang jumlahnya sangat banyak. Izin untuk masuk diberikan, asalkan mereka yang memasuki area suci ini memakai pakaian yang sopan.

Namun untuk wanita wajib hukumnya memakai kerudung atau setidaknya selendang yang dapat dipakai untuk menutupi rambut apabila memasuki Mecca Masjid ini. Selain itu, di masjid ini, hanya laki-laki yang boleh melakukan ibadah di dalamnya. Pengamanan tentu menjadi lebih ketat dibandingkan beberapa tahun lalu sebelum masjid yang sangat bersejarah ini dibom oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

JANUARI 2013 EASE

14


WANDERLUST

B

erdasarkan pengamatan saya, tidak seperti kota-kota di India lainnya, Hyderabad adalah kota di India yang sangat terasa nuansa dan semangat Islaminya. Mungkin hal tersebut karena raja-raja Hyderabad di masa lalu memeluk agama Islam. Jadi tidak mengherankan apabila banyak ditemukan masjid-masjid yang indah dan bangunannya kuno. Mengenai sejarah Hyderabad, bisa didapatkan banyak informasi apabila datang ke Chowmahalla Palace. Istana yang sangat indah, yang dulu merupakan tempat tinggal Raja Hyderabad ini sekarang adalah museum. Untuk masuk ke museum ini memang harus membayar Rs 150 untuk wisatawan asing, dan hanya Rs 25 untuk wisatawan lokal. Namun, apabila Anda orang yang banyak taktik atau sedang beruntung seperti saya saat mengunjungi museum tersebut, meski seorang wisatawan asing, namun bisa mendapatkan harga masuk wisatawan lokal. Dengan harga Rs 150, saya sebenarnya berpikir beberapa kali sebelum masuk ke sana, karena bagi saya yang saat itu pergi ke sana dengan budget terbatas, tarif masuknya cukup mahal. Namun, saya pun kemudian berkata kepada penjaga tiketnya, bahwa saya adalah mahasiswa Indonesia yang sedang kuliah di Hyderabad, maka penjaga itu pun meminta visa saya dan kemudian ia mengenai saya tarif masuk wisatawan lokal. Sesampai di dalam, saya tidak menyesali keputusan saya untuk pergi ke tempat tersebut. Tamannya sangat indah. Ruangan-ruangan di dalam istana yang dijadikan tempat untuk memajang banyak hal mulai dari foto-foto sejarah sampai koleksi pribadi keluarga kerajaan sangatlah mengagumkan. Bisa didapat banyak informasi mengenai Hyderabad dari sana. Dan bagi Anda yang memang suka dengan museum, maka saya rekomendasikan Chowmahalla Palace ini sebagai tempat yang harus Anda kunjungi di Hyderabad, India.

JANUARI 2013 EASE

15


WANDERLUST

D

i Hyderabad pun ada juga tempat seperti Qutb Shahi Tombs, yang merupakan makam keturunan dinasti Qutub Shahi. Dan juga Birla Mandir, yang merupakan candi, namun seluruh bangunannya berlapis marmer putih. Kamera tidak diijinkan untuk masuk ke dalam candi ini. Semuanya sama indahnya. Bagi saya, Hyderabad ini banyak memiliki tempat-tempat yang bernilai historis. Dan untuk memperkuat pernyataan saya itu, jangan sampai terlewat untuk mengunjungi Golconda Fort di daerah sejauh sekitar 11 km dari kota Hyderabad. Benteng yang merupakan tempat bekas pelarian dan dulunya ibukota dari kerajaan Golkonda ini sangatlah indah, karena bangunanbangunannya yang sudah lapuk dimakan zaman namun masih terlihat eksotis dan juga letaknya yang berada pada lokasi yang tinggi. Jadi, dari tujuan wisata ini bisa dilihat seluruh kota Hyderabad beserta langitnya yang sangat biru apabila Anda datang ke sana saat matahari sedang bersinar cerah. Meskipun kaya dengan bangunan-bangunan bersejarah, namun Hyderabad juga kota yang memiliki nuansa perkotaan yang menyenangkan. Apabila pergi ke daerah bernama Banjara Hills, di sana bisa ditemukan dua pusat perbelanjaan yang terkenal, City Center dan GVK One, selain itu juga banyak sekali toko-toko yang berjajar di sepanjang jalan Banjara Hills yang merupakan daerah tempat tinggal kalangan atas Hy-

JANUARI 2013 EASE

16

derabad. Selain itu di daerah Hitec City, Anda bisa melihat sisi lain dari Hyderabad. Hitec City adalah tempat di mana Google Office dan beberapa kantor perwakilan perusahaan internasional berada. Oh, jangan lupakan juga Buddha Statue! Patung Budha setinggi 18 meter ini juga merupakan salah satu daya tarik Kota Hyderabad yang berpenduduk padat itu. Berada di tengah-tengah danau Hussain Sagar, maka untuk mencapainya, Anda harus pergi dulu ke Lumbini Park yang merupakan sebuah theme park. Dan Anda harus membayar sekitar Rs 30 untuk naik kapal menyeberangi danau yang berada di tengah-tengah kota tersebut. Begitu sampai di tengah-tengah danau, tempat patung budha tersebut berada, yang saya rasakan saat itu adalah seperti saya sedang tidak berada di India! Suasana di sana benar-benar seperti sedang berada di negara-negara dengan mayoritas penduduknya adalah Budhism. Untuk kuliner, Anda harus mencoba nasi biryani di restoran bernama “Paradise�. Restoran itu mempunyai biryani dan makanan-makanan lain seperti kebab terbaik di Hyderabad atau bahkan di dunia. Wajib hukumnya untuk makan di sini apabila Anda pergi ke Hyderabad. Jadi, Hyderabad juga sama menariknya kan seperti kota-kota lain di India? So what you waiting for? Pack your stuff and go traveling!


DIRECTORY

FOLK : TENTANG PESAN DAN PERASAAN YANG TERSAMPAIKAN “I knew that when I got into folk music, it was more of a serious type of thing. The songs are filled with more despair, more sadness, more triumph, more faith in the supernatural, much deeper feelings.“

JANUARI 2013 EASE

17


DIRECTORY

1985. Robert Allen Zimmerman

(atau lebih akrab disapa Bob Dylan) berusia 44 tahun ketika di wawancara oleh Cameron Crowe untuk penyusunan Biograph. Biograph adalah kompilasi boxset yang berisi karya-karya Dylan dari tahun 1962 hingga 1981. Dan petikan kalimat diatas adalah statement Dylan tentang (musik) folk revival yang berhasil dikorek oleh Crowe. Sebelum melangkah lebih jauh, folk yang dibahas disini bukanlah folk tradisional, musik rakyat kuno. Bukan tentang sejarah musik etnik dan suku, melainkan folk revival/ contemporary folk. Genre folk dengan ciri akustik yang berkembang di awal abad ke 20 dan melahirkan nama-nama macam Leonard Cohen, Jeff Buckley hingga Fleet Foxes. Dylan menggambarkan bahwa di dalam folk tersimpan sebuah keputusasaan, kesedihan, namun disisi lain terdapat semangat kemenangan dan perasaan yang mendalam pada setiap lagunya. Entah Neil Young, Donovan atau musisi lain bisa sependapat, tapi afirmasi Dylan diatas ada benarnya. Folk seolah mentranformasikan segala energi (baca: perasaan) yang ada menjadi berkali-kali lipat lebih dalam dari apa yang sebenarnya dirasakan. Dengan komposisi musik yang cenderung minimalis dan pemakaian alat musik yang juga sederhana, pesan yang ingin disampaikan menjadi jelas.

JANUARI 2013 EASE

18

Siapa yang tidak merinding ketika dinyanyikan “Donna, Donna” oleh Joan Baez? Siapa yang tidak teruji maskulinitasnya ketika mendengarkan “Blowin’ in the Wind” oleh Bob Dylan? Berbekal gitar akustik, lirik puitis dan penataan musik yang sederhana, pemaknaan lagu bisa diserap lebih cepat dan lebih dekat oleh pendengar. Bicara tentang menyampaikan pesan, folk sudah tidak asing dalam dunia sosial dan politik. Kembali pada fitrah musik ini sebagai musik rakyat, maka ia pun menyuarakan suara rakyat. Pemakaian musik folk sebagai atribut untuk menyampaikan berbagai kritik sosial terhadap pemerintahan sudah berlangsung sejak awal abad ke 20. Sebut saja Woody Guthrie dan The Almanac Singer nya yang aktif dalam gerakan buruh dan anti fasis (“We’re working men on the side of the working man and against the big boys.” Ujar mereka), Joan Baez yang aktif dalam gerakan hak warga sipil di Amerika Serikat hingga Patti Smith yang menggabungkan folk dengan punk untuk menyuarakan pendapat politiknya. Bahkan Tom Morello dari Rage Agaisnst The Machine rela menggantikan Fender Staratocasternya dengan gitar akustik demi membentuk The Nightwatchman, proyek solo sadar politiknya. Walau minimalis, folk jelas lebih luas dari sekedar gitar akustik. Musik ini berkisah seputar penyampaian pesan, rakyat dan seperti kata Dylan di atas : sebuah perasaan yang mendalam.


SUIT UP

STREET STYLE TREND REPORT!


JANUARI 2013 EASE

SUIT UP

20


SUIT UP

1

5

3

4

6

2

7

8

1. Burgundy Hype Sweater by TOPSHOP 550.000 IDR, 2. Black Boyfriend Blaze by TOPSHOP 795.000 IDR, 3. Parisian Black PU Studded Shoulder Biker Jacket by NEW LOOK 610.000 IDR, 4. Only Lucy Washed Denim Studded Jacket by NEW LOOK 672.000 IDR , 5. Knitted Crystal Planet Jumper by TOPSHOP 671.500 IDR, 6. Blue 3/4 sleeve blazer by DOROTHY PERKINS 366.000 IDR, 7. Embellished Collar Shirt by MISS SELFRIDGE 440.000 IDR, 8. Beige snake print dress by DOROTHY PERKINS 146.500 IDR

JANUARI 2013 EASE

21


The Most Anticipated Hair

TYING THE KNOT

JANUARI 2013 EASE

MAKING THE BRAID

22


r Trends For 2013 !!! THE NEW LOW PONY

ROCK n’ R0LL WAVES

JANUARI 2013 EASE

23


SUIT UP

2

1

3

4 5 6 7 8

9

1. Cosmic Printed Tube Skirt by TOPSHOP 350.000 IDR, 2. Black Sequin Side Detail Short by MISS SELFRIDGE 427.000 IDR, 3. Animal Jacquard Pencil Skirt by MISS SELFRIDGE 350.000 IDR, 4. Garner Stud Slipper Shoes by STEVE MADDEN 795.000 IDR, 5. Vivienne Westwood for Melissa Bootie Triple Studs 1.090.000 IDR, 6. Studded Slipper by LONDON REBEL 427.000 IDR, 7. Cadbury Blue Platform Court Shoes by FAITH 550.000 IDR, 8. Roberge Suede Pointed Court Shoes by ALDO 916.500 IDR, Metallic Pointed Heels by ASOS SOCIAL 427.000 IDR

JANUARI 2013 EASE

24


SUIT UP

30 Fall Men's Wardrobe Staples To Stock Up On Now

Gant Rugger Chino by Michael Bastian, 1.750.000 ID, available at Gant.

The Colorful Chino — New rule: Don’t

Topman BURGUNDY WOOL VARSITY BOMBER 195.000 IDR, available at Topman.

be intimidated by color. Basing your bottoms in a new bold hue is a great way to turn up the volume on any look. While not as bright as its summer compatriots, a rich hue can seriously chase the fall blues away.

The Baseball Jacket — Sports just got a

whole lot chicer thanks to dudes’ new BFF, the baseball jacket. Even if you don’t have a team to root for, this simply cut varsity topper is a great option for daywear and gives a dressed-up night look some insta-cool. Let’s play ball

JANUARI 2013 EASE

25


H&M Denim Shirt 290.000 IDR, available at H&M.

The Denim Shirt — If you don’t already

The Henley — Okay, so sometimes you

have an awesome denim shirt, fall’s the time to find one you love. The best part? They come in almost every single price point. Right now, we’re into wearing this button-down with a fancier blazer.

JANUARI 2013 EASE

H&M Henley Shirt, 288.500 IDR, available at H&M;

just want to cuddle up in your favorite longsleeved T-shirt. We’re cool with that, so long as it’s of the henley variety, and we’re specifically digging these grey ones that go with everything. Wear ‘em under a plaid, or rock ‘em solo with some beat-up cords. Either way, we’re betting this is the no-fail staple of the season.

Scotch & Soda Leather iPad Case, 865.000 IDR, available at Scotch & Soda.

The iPad Case — Nothing says you’ve got it all

together quite like a sophisticated tech case. Sneak some work papers in there, too, and you’re set for 9-to-5 and beyond.

26


The High-Top Sneaker — So you want to

be comfortable, look cool, and hey, who doesn’t love sneakers? This season, we’re specifically digging monochromatic kicks. Here are just two that will match your whole wardrobe, but we could have spent days window shopping. Try ‘em with a jacket and tie. A.P.C. + Nike Dunk, 1.300.000,- IDR, available at Nike.

The Leather Biker Jacket — Even if

you’re not a James Dean type, we think it’s wise to invest in a moto jacket. You’ll gain instant street cred without looking like a poser in some of the new options that have just come on the market. AllSaints Convoy Leather Biker Jacket, 4.800.000 IDR available at AllSaint.

The Everyday Plaid Shirt — Every guy needs a great plaid shirt for fall and winter. They’re comfortable but polished, classic but still kind of making their comeback.

RED/BLACK TARTAN SMART SHIRT, 880.000 IDR, AVAILABLE AT TOPMAN

JANUARI 2013 EASE

27


The Slim Belt — Peace out chunky belts. The slim waist-cincher is on-trend, and looks fly

with everything from a full-on suit to a white oxford and dark jeans. Also, forget everything you’ve heard about mixing black and brown — with these clean, spare belts you’ll look sophisticated no matter how much you clash.

Austin Army Leather Belt 375.000 IDR, Available at Club Monaco.

Logan Zane Zane’s Slim Belt, 1.200.000 IDR, available at Logan Zane.

The Striped Sock — If you’re conservative everywhere else, at least try a pop of color to

break up the monotony. Stripes are the new solids this fall, and we’re daring you to flash the horizontals with a mid-rise boot, or, better yet, a loafer.

Richer Poorer Bandit Striped Socks, 116.000 IDR, J. Crew, Men’s Camp Socks, 160.000 IDR, available at Steven Alan available at J. Crew (right)

The Serious Weekender — Gym bags be gone!

These weekender bags are perfect carryalls we know you can’t live without. This fall’s about a little maturity, and these bags will guarantee you’ll look like a jet-setter, even if you’re not crossing state lines. T. Anthony Classic Duffel, IDR 3.800.000,-, available at Barneys New York.

JANUARI 2013 EASE

28


EYE SPY

HAIM

F

or you who thirsty to some early 90s R&B music, I will introduce you to L.A sister trio, called HAIM. The family group consists of early indie pop divas – guitarist/keys/maracas Alana (19), lead guitar Danielle (22), and bassist Este ( 24). Walaupun mereka masih terbilang muda, akan tetapi pengalaman mereka di bidang musik luar biasa untuk seumuran mereka. They spent nearly 15 years playing with their parents in a classic rock cover band called Rockinhaim dimana ibu nya memegang gitar, ayahnya bermain drum, dan tiga bersaudara perempuan tersebut memegang alat musik lainnya. Sejak saat itu, Este melanjutkan sekolahnya untuk mendapatkan gelar dibidang musik sementara Danielle membantu Julian Casablancas, Cee-Lo Green, dan Jenny Lewis pada konser konser mereka. Ketiga bersaudara ini dikabarkan memiliki bakat bermain drum, karena ayah mereka menyuruh ketiga putrinya untuk memegang stik drum sejak mereka berusia 3 bulan. Single pertama HAIM, Forever dapat membuat bergoyang dari awal lagu sampai akhir berkat catchy rhythm and upbeat pop sensibility dari lagu tersebut. Classic rock to 80s pop and early 90s R&B terasa sangat kental sebagai influences dalam musik HAIM. Itu menjadi pembuktian bahwa ketiga saudara perempuan ini dapat menggabungkan semua unsure tersebut menjadi sebuah musik yang unik sesuai dengan gaya mereka. Walaupun Haim’s debut EP, Forever hanya ada tiga lagu, Forever, Go Slow, dan Better Off, akan tetapi itu sudah cukup untuk membuat kamu untuk terus bergoyang dan menghentakkan kaki. So if you still have a soft part in your heart for 90s R&B then this is the right one for you. Go check them out on their website www.haimtheband.com!

JANUARI 2013 EASE

29


EYE SPY

DIIV

DIIV

is the home-recording side-project of Zachary Cole Smith, the cutest guitarist from Brooklyn shine-poppers Beach Fossils. DIIV ini berasal dari sebuah koleksi eksperimen yang dilakukan oleh Smith di kamarnya. Saat pertama terbentuk, asal nama DIIV adalah DIVE, Smith mengatakan bahwa band, yang awalnya mengambil nama mereka dari lagu Nirvana, merubahnya “out of respect” kepada sebuah Belgian industrial band tahun 90an, Dive. The band’s debut album Oshin is out on June 26 dengan “Doused” sebagai single dari LP tersebut. Selain itu “How Long Have You Know” juga mencuri perhatian dimana lagu tersebut lebih upbeat New Wave dengan irama drums dan gitar yang dapat mengajak untuk bergoyang. Dengarkan juga “Bambi Slaughter” which is a cover of an old Kurt Cobain home-recording, dimana Smith berhasil memainkan gitarnya dengan disonan. DIIV tidak hanya membawa suasana yang baru saat mendengarkan music tetapi juga dapat membawa kamu ke dunia lain karena terbuai akan irama gitar dan suara Smith pada setiap lagu di album Oshin.

Make sure to check them out and I bet you'll gonna love them! JANUARI 2013 EASE

30


BLAST OFF

BINGBANG Alive Galaxy Tour 2012, Live in Jakarta

D

emam Kpop di Indonesia sudah merajalela! Hal ini terbukti dengan banyaknya bintang-bintang kpop yang datang ke Indonesia. Big bang, salah satu icon Kpop paling terkemuka pun menjadikan Jakarta,Indonesia sebagai salah satu destinasi dalam rangkaian tur dunia nya. Boyband asal korea selatan yang beranggotakan G-Dragon, Taeyang, T.O.P, Seungri dan Daesung ini menggelar konser selama dua hari pada tanggal 12 dan 13 oktober lalu di MEIS Ancol, Jakarta Utara. Konser hari pertama pada tanggal 12 oktober sesungguhnya merupakan konser hari

tambahan dari yang awalnya hanya akan diadakan pada hari sabtu, 13 oktober 2012. Tapi bukan berarti konser hari tersebut sepi penonton. Walaupun tidak seramai hari keduanya, konser pada hari pertama penuh penonton. Para VIP, sebutan bagi para fans Big Bang memenuhi MEIS berjam-jam sebelum konser dimulai. Venue konser meriah dengan banyaknya stand-stand merchandise baik yang resmi maupun tidak, pihak promotor juga memajang foto para personil Big Bang berukuran besar di beberapa sudut venue, sehingga para penonton dapat berfoto ria sambil menunggu JANUARI 2013 EASE

31


BLAST OFF dipersilahkan masuk ke dalam gedung konser pada pukul 19.00. Dari segi tata panggug, bukan konser Kpop namanya jika tidak heboh dan spektakuler. Panggung yang cukup besar dimeriahkan dengan lighting yang meriah dan live band yang berada di sisi atas panggung. Akhirnya pada pukul 20.00 konser dimulai dengan munculnya para personel Big Bang dari bawah panggung melalui sebuah tabung. Gdragon cs membuka konsernya dengan menyanyikan lagu ‘I’m still alive’ dengan pakaian ala marching band. Teriakan-teriakan dari para VIP yang memanggil nama para idolanya

pun bergemuruh sepanang konser berjalan, menambah riuhnya konser. Selain bernyanyi berlima, masing-masing anggota juga tampil solo membawakan lagu-lagu andalan mereka kecuali GD dan TOP yang menyanyikan lagu-lagu mereka dengan ber duo. Konser berjalan meriah dengan penonton turut menyanyi dan menari mengiringi lagulagu big bang yang enerjik. Big Bang juga cukup interaktif dengan mengajak penonton berinteraksi walaupun sedikit terhalang oleh bahasa. Taeyang yang paling mahir berbahasa inggris berperan aktif mengajak interaksi

para penonton dan membantu menerjemahkan teman-temannya. Selain lagu up beat seperti ‘fantastic baby’ dan ‘tonight’, Big Bang juga tampil mellow dengan membawakan hits lama nya yaitu ‘Haru-haru’ dan ‘Lies’. Penampilan Big Bang pada malam itu dapat diacungi jempol. Mereka menyanyikan lebih dari 23 lagu tanpa lipsync dan hampir tanpa jeda. Berhasil menunjukkan bahwa boyband kpop tidak semuanya tampil dengan lipsync. Selain itu mereka juga memberikan aksi panggung yang luar biasa dengan berbagai special efek juga koreografi yang menarik. bahkan Daesung dan Seungri melakukan aksi panggung yang cukup berisiko dengan terbang tanpa menggunakan string, dan berdiri di atas

tiang yang tinggi. Mereka juga interaktif dan aktif mengelilingi panggung. Para penggemar kpop yang terkenal cukup agresif pun puas dengan interaksi Big Bang yang akrab dan menuruni panggung untuk bersalaman dengan penonton. Konser pun diakhiri dengan encore lagu ‘fantastic baby’dengan masing-masing personil mengenalkan diri dan dancer juga live band mereka. Big Bang berhasil menyajikan konser kpop spektakuler yang didukung dengan tata suara, panggung dan tata lampu yang menarik juga musikalitas dan performa yang baik dari masingmasing personilnya. Mereka berhasil membuktikan bahwa mereka merupakan boyband kpop berkualitas yang layak diperhitungkan dan tidak kalah dengan para performer kelas dunia.

JANUARI 2013 EASE

32


BLAST OFF

Keane Strangeland Live in Jakarta 2012 P

ada 28 september lalu, Band alternative rock/piano-rock asal inggris Keane berkunjung ke Indonesia dalam rangkaian tur dunianya . Band yang digawangi oleh Thomas Oliver Chaplin (vokalis, gitaris) Timothy James Rice-Oxley (pianis) Richard David Hughes (drum, perkusi) dan Jesse Joseph Quin (bassis, perkusi) ini berhasil meramaikan Tennis Indoor, Gelora Bung Karno, Jakarta dengan lagu-lagu hitsnya.

JANUARI 2013 EASE

33


Keane

yang pertama kalinya menggelar konser di Indonesia ini mengundang antusiasme fans mereka, para fans keane mulai berdatangan beberapa jam sebelum konser dimulai. Pada pukul 20.00, Tennis Indoor yang telah dipenuhi oleh fans-fans setia keane pun riuh dengan munculnya Thomas Chaplin cs. Diatas panggung. Konser dibuka dengan lagu ‘You Are Young’ yang merupakan lagu pertama pada album ‘Strangeland’. Konser ini menjadi ajang bagi Keane untuk mempromosikan album terbaru mereka ‘Strangeland’ sehingga malam itu didominasi oleh lagulagu dari album terbaru mereka tersebut. Walaupun begitu fans-fans setia Keane cukup terpuaskan karena mereka juga tidak lupa untuk memainkan lagu hits-hits mereka dari album-album terdahulu yaitu Hopes and Fears (2004), Under The Iron Sea (2006), dan Perfect Symmetry (2008). Tom Chaplin memberikan performa yang luar biasa menyanyikan 21 lagu nyaris tanpa jeda dengan suara yang merdu selayaknya mendengarkan rekaman asli. Konser berlangsung denIni adalah set list dari konser keane strangeland: 1. You Are Young 2. Bend and Break 3. Day Will Come 4. Nothing in My Way 5. Spiralling 6. We Might as Well Be Strangers 7. The Lovers Are Losing 8. Silenced by the Night 9. Everybody’s Changing

JANUARI 2013 EASE

34

gan enerjik, para penonton turut bernyanyi dan menari sepanjang konser berlangsung. Di tengah penampilannya, Tom Chaplin berinteraksi dengan penonton dengan mengatakan “Indonesia, you’ve been waiting for so long” dengan logat inggris yang kental. Walaupun tidak penuh, namun konser terasa akrab, memuaskan para fans yang telah lama menantikan kedatangan Keane ke Indonesia. Tom juga bergurau dengan memberikan pendapatnya akan kemacetan Jakarta yang parah, yang langsung disambut oleh tawa penonton. Penampilan mereka ditutup dengan lagu hits mereka ‘Crystal Ball’ dari album ‘Hope and Fear’. para penonton pun kompak menyanyikan lagu tersebut dengan penuh semangat. Dengan didukung tata cahaya yang baik dan tata suara yang bagus membuat konser Keane semakin entertaining dan awesome! Tom cs berhasil menggelar konser tidak terlupakan dan sukses memuaskan para penggemarnya. Looking forward for another Keane concert!!!

10. Neon River 11. The Starting Line 12. Your Eyes Open 13. Stop for a Minute 14. Strangeland 15. On the Road 16. A Bad Dream 17. Disconnected 18. This Is the Last Time 19. Somewhere Only We Know

20. Is It Any Wonder? 21. Bedshaped Encore : 22. Sea Fog 23. Sovereign Light Café 24. Crystal Ball


AIESEC ALERT

EASE Radio merupakan sebuah stasiun radio online pertama yang dimiliki oleh AIESEC Local Committee

Bandung, dengan AIESECers (Anggota AIESEC Bandung) sebagai tim yang bekerja didalamnya. Dibentuk dari suatu organisasi global, EASE Radio mengajak para pendengar untuk membuka pikiran secara global. EASE Radio memiliki segmentasi usia 17 - 25 tahun (laki-laki dan perempuan), memiliki campaign “Inspirational Youth Tracker�. Campaign ini dimaksudkan untuk mengajak anak-anak muda agar memiliki kehidupan yang ceria dan dinamis, serta nilai-nilai sosial yang dapat membawa inspirasi dalam kehidupan sehari-hari. Pendengar EASE Radio adalah pendengar yang membawa nilai-nilai positif dalam diri mereka, sehingga dapat memberikan impact yang baik bagi lingkungan sekitarnya . Konsep dari EASE Radio adalah sebuah media inspiratif yang tidak hanya memberikan informasi seputar kehidupan sehari-hari, namun juga memberikan berbagai jenis musik yang diminati anakanak muda, seperti acid jazz, pop, rock, R&B, hip hop, alternative, dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, berbagai informasi yang menarik serta program-program yang inspiratif dan berwawasan global akan senantiasa disajikan kepada setiap pendengarnya dimanapun berada EASE Radio mengudara setiap hari Rabu dan hari Jumat, mulai pukul 7.30 malam sampai dengan pukul 9.30 malam. Kindly to follow @EASERadio

JANUARI 2013 EASE

35


EASE Wednesday Programs EASE MOVIES is a program which will

provide you with a lot of information about the world of movies, from local movies, to international box office movies. Starting from the facts surrounding the film, behind the scenes, movie soundtracks, and other interesting information from the world of film!!

EASE MUSIC CHART is a music program

which presents a lot of music variety. Packaged in chart form, the program will pleased your ears with various genres of music, coming from anywhere. Local, international, latest hits song, as well as oldies songs which still be a favorite song until now.

EASE Friday Program

JANUARI 2013 EASE

FRIDAY NIGHT LIGHTS will lights up your friday night with cool and awesome lifestyle info. We will pleased your ear with a lot of funky and hottest musics!!

Source : easeradio.blogspot.com Team Leader : Gita

36


AIESEC ALERT

'WHEN SOCIAL MEET BUSINESS, WHEN YOUNGSTER MEET AIESECer.' SOCIAL ENTERPRISE CONSULTANCY. oleh Gilang Putra Jaya

Foto : Dok. Pribadi

Social Enterprise merupakan salah satu Project Based on Exchange (PBoX) GCDP di AIESEC Bandung yang melibatkan 16 orang Exchange Participant dari berbagai negara yaitu Perancis, Belgia, Malta, Italia, China, South Korea, Greece, Taiwan, Belanda, Germany, Polandia and Czech Republic. Pelaksanaan project Social Enterprise ini dimulai pada tanggal 9 Juli 2012 sampai dengan 1 September 2012. Project ini merupakan salah satu project yang dibuat untuk memobilisasi ide-ide, kapasitas, dan sumber daya terhadap LSM, UKM dan EP yang dipilih agar dapat memberikan dampak sosial yang berkelanjutan untuk lingkungan sekitar di

Bandung. Kegiatan utama dari project ini yaitu mengadakan konsultasi untuk UKM dipilih untuk memberikan solusi untuk keberlanjutan keuangan mereka dan berkolaborasi dengan beberapa LSM dan masyarakat untuk memberikan dampak positif bagi gerakan sosial mereka. Selain itu project ini diharapkan dapat membangun pengembangan pembelajaran secara global terhadap UKM, LSM, dan anak muda di Bandung, dan juga dapat mengembangkan masyarakat yang berada dilingkungan tersebut dalam bisnis sosial dan mendorong mereka untuk membuat dampak yang lebih baik.

JANUARI 2013 EASE

37


Project Social Enterprise Consultancy ini terdiri dari

beberapa rangkaian kegiatan,berikut adalah event yang telah dilaksanakan selama project berlangsung : 1.Train The Trainers : External Training of Social Entrepreneurship 2. SME Consultancy : bekerjasama dengan beberapa LSM, UKM, dan komunitas di Bandung untuk membuat bisnis social yang berkelanjutan. Pada event ini terdiri dari 10 perusahaan pemuda.. 3. SOCIAL RIDE NIGHT : “THE BIGGEST RIDE NIGHT FESTIVAL IN BANDUNG.BCCF Kegiatan ini belerjasama dengan komunitas sepeda BIKE.BDG, dilaksanakan pada tanggal 24 juli 2012. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa, ukm, beberapa komunitas dan masyarakat umum. Kegiatan bersepeda mala mini memiliki rute bersepeda dimulai dari Café Siete - Cikapayang – Wastukencana – Braga – dan berakhir di Asia Afrika. Tujuan dari event ini yaitu sebagai social campaign for loving Bandung’s Enviroment dan juga Charity “SAUR” dengan memberikan makanan untuk sahur secara gratis di beberapa daerah di Bandung. 4. Roll the Paper : Even ini bekerjasama dengan Komunitas Sahabat Kota dalam melakukan daur ulang dan studi industry kreatif dengan narasumber Ms. Oma Lin yang merupakan Ketua Industri Kreatif Muda Indonesia. 5. YOUTH TALK bertempat di Istana Plaza yang berkolaborasi dengan semua project di AIESEC LC Bandung pada tanggal 4 Agustus 2012.

JANUARI 2013 EASE

38

Kegiatan ini terdiri dari : Global Village Art Performance from International Interns Youth Talk : 1.GreenantionID 2.Rumah Musik Harry Roesli 3.Karinding Attack 4.Agit “owner Amble footwear” 5.Febi “owner Mr.Nori” Local Indie Band : 4 peniti ( jazz progressive) Dan penutupan project Social Enterprise Consultancy dilaksanakan pada 1 September 2012 bertempat di KRANG KRING CAFÉ.


EASE Magazine 7th Edition  

This is AIESEC Bandung EASE Magazine 7th Edition January 2013.