Page 1

Banjarmasin

Post

DEMI KEADILAN, KEBENARAN DAN DEMOKRASI

WEBSITE: WWW.BANJARMASINPOST.CO.ID - E-MAIL: REDAKSI@BANJARMASINPOST.CO.ID

SENIN

10 NOVEMBER 2008/ 12 ZULKAIDAH 1429

24 HALAMAN

RP 2.000

NO. 12370 TH XXXVII/ ISSN 0215-2987

Pesta Eto’o Halaman

6

Barack Obama

Misteri Anjing Presiden Halaman

14

AP PHOTO/DARRON CUMMINGS

Berzikir di Depan Eksekutor „ Ditembak Tanpa Penutup Mata

JALAN TERJAL AMROZI CS

JAKARTA, BPOST- Eksekusi mati tiga terpidana kasus Bom Bali I, Amrozi, Ali Gufron (Muklas) dan Imam Samudera, Minggu (9/11) dinihari, berlangsung mencekam. Mereka menolak mengenakan penutup mata saat menghadapi regu tembak.

12 Oktober 2002 Paddy's Pub dan Sari Club (SC) di Jalan Legian, Kuta, Bali diguncang bom. Dua bom meledak pukul 23.05 Wita. Sepuluh menit kemudian ada lagi bom meledak di Renon, dekat konsulat AS. Sebanyak 202 orang tewas 16 Oktober 2002 Pemeriksaan saksi mulai dilakukan 29 Oktober 2002 Presiden Megawati Soekarnoputri memberi deadline, kasus harus tuntas pada November 2002. 30 Oktober 2002 Tiga sketsa wajah tersangka itu dipublikasikan 5 November 2002 Amrozi ditangkap 7 November 2002 Abu Bakar Ba'asyir menyangkal terlibat 10 November 2002 Amrozi membeberkan lima orang yang menjadi tim inti peledakan. Ali Imron, Ali Fauzi, Qomaruddin adalah eksekutor di Sari Club dan Paddy's. Sedangkan Ali Gufron dan Mubarok menjadi orang yang membantu mempersiapkan peledakan. 11 November 2002 Tim gabungan menangkap Qomaruddin, petugas kehutanan yang juga teman dekat Amrozi di Desa Tenggulun, Solokuro, Lamongan.

PERSDA/BIAN HARNANSA

HISTERIS - Embay Badriyah tak kuasa menahan kesedihan menyaksikan penguburan putranya, Imam Samudera di Desa Lopang Gede, Serang, Banten, Minggu (9/11). Bersama Amrozi dan Ali Gufron, Imam Samudera menjalani eksekusi mati di Hutan Nirbaya, Nusakambangan, Cilacap, Jateng.

TRIO BOMBER BALI I

3 Desember 2002 Ali Gufron ditangkap di Klaten, Jateng

Penyuplai

Kolektor

Perancang

CUEK, sering tertawa. Itulah ciri sosok salah satu otak peledakan bom di Bali, Amrozi bin Nurhasyim. Karena itu, dia dijuluki The Smiling Assassin (pembunuh yang tersenyum).

KAKAK kandung Amrozi dan Ali Imron ini, menjadi panutan adik-adiknya. Anak kelima pasangan H Nurhasyim dan Tariyem ini adalah anak yang cerdas. Dia fasih berbahasa Arab dan Inggris.

CENGENG dan penakut. Itulah masa kecil Imam Samudera. Meski cengeng, pemilik nama asli Abdul Aziz ini, dikenal pintar di sekolah. Aziz selalu mendapat juara pertama.

„ Hal 14 kol 4-7

„ Hal 14 kol 4-7

„ Hal 14 kol 4-7

„ Hal 14 kol 4-7

12 Mei 2003 Sidang pertama Amrozi

DOK.BPOST

Amrozi

7 Juli 2003 Amrozi divonis mati 28 Juli 2003 Imam Samudera dituntut hukuman mati „ Hal 14 kol 7

„ Hal 14 kol 4-7

MAJELIS Ulama Indonesia (MUI) menegaskan tiga terpidana kasus Bom Bali I, Amrozi, Ali Gufron (Muklas) dan Imam Samudera, bukan mati syahid. Perjuangan yang mereka anggap jihad dinilai tidak tepat. “Itu kan pandangan dia, tapi para ulama menganggap cara seperti itu tidak tepat,” kata Ketua MUI, Ma’ruf Amin, Minggu (9/11). NU.OR.ID Menurut dia, perjuangan Amrozi cs Ma’ruf Amin dengan teror bukan cara yang tepat dalam perjuangan Islam. Perjuangan dalam Islam dilakukan dengan dakwah. “Kecuali di daerah perang. Indonesia tidak sedang dalam perang. Yang mereka lakukan karena telah meminta korban jiwa,” katanya.

4 Desember 2002 Ali Imron, Rahmat, dan Hermiyanto ditangkap

30 Juni 2003 Amrozi dituntut hukuman mati

saat peluru menembus dada kiri ketiganya, sekitar pukul 01.15 Wita. Di antara mereka, Amrozi yang agak lama mengembuskan napas terakhir. Sejak peluru menembus dadanya, baru sekitar 12 menit kemudian dia dinyatakan meninggal oleh tim dokter. Sedangkan yang lain antara lima hingga tujuh menit sebelum dinyatakan meninggal. Dari sini berkembang kabar, mereka sempat dibekap petugas karena terus meneriakkan takbir usai ditembak.

MUI: Bukan Mati Syahid

26 November 2002 Imam Samudera ditangkap di dalam bus Kurnia di kapal Pelabuhan Merak. Rupanya dia hendak melarikan diri ke Sumatera.

2 Juni 2003 Imam Samudera mulai diadili

Zikir, tahlil, takbir, dan tahmid terus dikumandangkan Amrozi cs, sejak dikeluarkan dari sel isolasi Lapas Batu Nusakambangan hingga lokasi eksekusi di Hutan Nirbaya yang berjarak tiga kilometer. Suasana haru tercipta saat Imam menjabat tangan dan mencium pipi Kalapas Sudiyanto. Menurut sumber BPost, Imam pula yang lantang mengucapkan tahlil, tahmid, takbir, dan zikir. Sedangkan Amrozi dan Muklas mengucapkan dengan suara lirih. Teriakan takbir bergema

DOK.BPOST

Ali Gufron

Imam Samudera

DOK.BPOST

WIKIPIDIA

Batu Penyerap Karbon Dioksida BATU berjuluk peridotite mampu menyerap karbon dioksida. Prosesnya, saat karbon dioksida berinteraksi dengan batu yang banyak ditemukan di Oman tersebut, gas berubah menjadi mineral murni. Ahli geologi Peter Kelemen dan ahli geokimia Juerg Matter menyatakan proses alami itu dapat diperbarui sebanyak satu juta kali untuk menumbuhkan mineral di bawah tanah. Hasil studi mereka dipublikasikan di The Proceedings of the Natural Academy of Sciences edisi 11 November 2008. Peridotite adalah batu paling umum yang ditemukan di lapisan bawah bumi. Kadang jenis batu itu juga muncul di permukaan. Banyak ditemukan di Oman karena negara itu adalah kawasan penghasil terbesar karbon dioksida akibat proses pengolahan minyak. (mi/rtr)

SI PALUii

„ Terkena Stroke Saat Mengemudi Pesawat

Mangidam Pisang KADA sawat ganal anak, bini Palui batianan pulang. Hanyar bisa batingkaung sudah cagar cangul pulang nang saikung. Ibarat pabrik kada parnah tagana alias baparu„ Hal 14 kol 1-3

- Pina rami razia preman di Indonesia, Lak-ai + Was...was...was... Petrus, Nang-ai Anang Gayam

04:39

12:07

15:27

18:14

19:26

“Belok, Kiri, Kanan, Turun...” Hebat. Seorang pilot pesawat Cessna asal Inggris yang mendadak buta selama 40 menit karena terserang stroke berhasil mendaratkan pesawatnya.

P

eristiwa mengerikan itu terjadi saat Jim O’Neill sedang menerbangkan pesawat ‘kecil’ itu dari Skotlandia menuju tenggara Inggris, kemarin. Tiba-tiba dia kehilangan penglihatan saat berada di ketinggian 5.500 kaki. “Kejadian itu sangat mengerikan, tiba-tiba saya tak bisa melihat tombol-tombol di depan saya,” ujar Jim. Untung saja, di saat genting, Jim masih bisa meminta

pertolongan melalui alat komunikasi. Dan, untungnya lagi, teriakannya itu didengar oleh Komandan RAF Wing (lembaga pelatihan penerbangan), Paul Gerrard yang mendengarnya. Paul langsung membantu agar Jim bisa mendaratkan pesawat yang dikemudikannya. Caranya, memandu dengan detil, agar jari-jari Jim mampu menekan bermacam panel pesawat sekaligus mengendalikan tongkat kemudi.

Pesawat Cessna „ Hal 14 kol 4-7

WIKIPIDIA


2

Banjarmasin Post SENIN

10 NOVEMBER 2008 / 12 ZULKAIDAH 1429 H

banjarmasin bungas

Chelsea Kepincut Ikan Patin ada juga fasilitas dual SIM Card, yakni dua APA yang paling menarik dari Kota kartu seluler bisa dipasang secara bersaBanjarmasin? Bagi Chelsea Olivia Wijaya maan dalam satu handphone. adalah makanannya. WalauPromo produk terbaru pun baru dua kali berkunjung Makanan di MY G serie 220 ini disambut ke kota Bungas, bintang dengan atusias para sinetron dan iklan ini sudah Banjarmasin pengunjung Duta Mall punya makanan favorit. enak-enak. saya Banjarmasin. Kemeriahan “Makanan di Banbertambah saat Chelsea jarmasin enak-enak. saya sudah coba hadir di atas panggung sudah coba udang bakar udang bakar dan sambil membawa handdan ikan patin,” kata ikan patin phone My G. Chelsea saat ditemui BPost Saat itu Chelsea mengedi Duta Mall Banjarmasin, nakan kaos putih dipadu Minggu (9/11). dengan celana jins berwarna coklat serta Tak hanya ikan patin dan udang bakar, sepatu kain kotak-kotak warna-warni. Chelsea juga suka buah durian. Dia Gadis cantik yang juga personel kelompok berencana berburu durian setelah tampil di musik Bukan Bintang Biasa ini berlenggak Duta Mall. lenggok di dampingi model-model asal Kehadiran Chelsea di Banjarmasin Banjarmasin. untuk promosi produk My G seri 220. Beberapa penonton tidak menyiKekasih Glean Alensky ini merupakan nyiakan kehadiran Chelsea. Mereka Duta dari handphone keluaran China itu. bergantian foto bersama artis yang punya Menurut Chelsea, meskipun My G senyum manis itu. produk yang baru namun mutu dan Direktur My G Jakarta, Agus Salim kualitasnya sangat bersaing dengan mengatakan, dipilihnya Banjarmasin merek-merek telepon seluler lainnya. sebagai salah satu tempat peluncuran “Selain gambarnya bagus, handphone-nya produk My G karena Banjarmasin mecanggih serta bisa melayani seluruh ruang rupakan kota yang dikenal sebagai salah lingkup masyarakat,” ujarnya. satu kota yang dikenal suka menggunakan Chelsea mengatakan, kelebihan handproduk multimedia. (bb/*) phone My G selain bisa untuk nonton TV,

BANJARMASIN POST/APUNK

Chelsea Olivia sebagai duta handphone My G hadir pada peluncuran produk seluler itu di Duta Mall Banjarmasin, Minggu (9/11).

Ramai-Ramai Pasang Baleho ■ Caleg Promosikan Diri Jelang Pemilu

Jalan-jalan utama seperti Jalan A Yani bagai etalase terbuka bagi caleg DPRD, DPR maupun dewan perwakilan daerah (DPD). Seolah bersaing menarik perhatian masyarakat yang lalu lalang di sepanjang jalan utama, sejumlah sepanduk dan papan reklame mencolok. Tidak hanya ukuran besar tapi juga dibumbui gambar ekspresif dan slogan kampanye yang unik. Seperti papan reklame milik aktivis yang mencalonkan sebagai anggota DPD, Arief Furqon. Papan reklamenya dipasang di Jalan A YAni Km 5, tepatnya di seberang kantor TVRI Banjarmasin. Iklan itu sangat menonjol karena dominan warna oranye. Sosok Arif mengenakan pakaian dari kain sasirangan dan memakai laung atau ikat kepala tradisional, juga terbuat dari kain sasirangan. Slogan yang tertulis di baliho tersebut juga unik, yakni cucuk laung sasirangan. “Sasirangan dan laung adalah pakaian merakyat di

Kalsel dan menjadi salah satu identitas paling kuat orang Kalsel. Simbol perjuangan saya untuk rakyat Kalsel,” katanya. Dengan simbol itu, dia ingin menyampaikan pesan komitmen perjuangan untuk rakyat. Pakaian sasirangan dengan laung sasirangan merupakan pakaian merakyat, bukan simbol pejabat atau bangsawan. Selain papan reklame Arif,

di Jalan A Yani juga ada baleho dari seorang perempuan cantik. Namanya Shinta Emilia Dewi, calon anggota DPR RI dari Partai Amanat Nasional (PAN) untuk daerah pemilihan (dapil) Kalsel II. Berbeda dengan papan reklame caleg perempuan lainnya yang biasanya tampil agak resmi mengenakan jas, kerudung dan pose kaku seperti pasfoto, tampilan Shinta lebih kasual. (nda)

Pendekatan dengan Program PENGAMAT Politik Unlam, Apriansyah mengatakan, pencitraan diri melalui alat peraga yang atraktif merupakan cara kampanye tradisional. zaman sekarang, cara itu kadang tidak efektif menarik dukungan masyarakat. Untuk terpilih, caleg harus turun langsung ke lapangan dan melakukan pendekatan secara teratur. Sebab, dengan sistem pemilihan secara langsung, kecenderungan mas-

yarakat akan memilih sosok yang dikenal dekat. “Masyarakat perlu yang lain. Karena banyaknya selebaran, spanduk, baliho maupun bendera belum tentu mengindikasikan daerah sekitar merupakan basisnya. Jadi harus turun secara langsung ke komunitas-komunitas dengan program yang jelas,” katanya. Belum lagi saat pemilihan nanti, masyarakat di hadapkan pada banyak foto caleg. (nda)

Merdeka atau Mati! Entah memang peramal dan mePERINGATAN Hari Pahlawan rasa tidak perlu mengikuti SMS prerutin dilaksanakan setiap 10 Novemmium yang menjanjikan bisa meramal ber. Semangat perlawanan Arek-arek nasib orang berSuroboyo, harus diwarisi dasarkan weton atau nooleh siapa pun di negeri mor telepon, pengguna ini, sebagai bentuk perjalan raya itu bisa memhargaan kepada pejuang perkirakan kalau meyang ingin mempertareka bisa seenaknya mehankan kemerdekaan langgar aturan berlalu negeri ini. lintas. Berkat perjuangan Tengok saja di pependahulu negeri ini, rempatan jalan. Lampu kini kita sudah merdeka. lalu lintas yang sebaLepas dari ancaman gian besar telah dilengbangsa asing yang ingin kapi penghitung waktu menguasai kembali Intersebut bisa mereka donesia, tanpa takut Muhammad Yamani terobos, meski kesemakan bertemu dengan patan tersisa hanya sepersekian detik. tentara Belanda atau Jepang. Memang jago ramal. Karena meMungkin karena tidak lagi takut reka yakin selamat bisa melanjutkan bertemu dengan tentara Belanda atau perjalanan tanpa takut tindakan ini Jepang yang akan menangkap mebisa membahayakan diri sendiri atau reka. Sebagian kita salah dalam meorang lain. Padahal pengguna jalan maknai arti kemerdekaan tersebut lain belum tentu hebat meramalkan dengan melakukan hal-hal yang meapa yang akan dia lakukan. rugikan, bahkan membahayakan orBegitu juga kalau berbelok, berang lain. henti, atau dengan pedenya menelpon Yang paling sering kita temui adasambil memacu kendaraan, membaca lah perasaan merdeka para pengguna atau mengirim SMS, bisa dilakukan kendaraan bermotor di jalan raya. tanpa peduli tindakan ini jelas berMerasa tidak ada tentara Belanda bahaya. Mungkin karena merasa temaupun Jepang yang akan menembak leponnya memang memiliki nomor kalau ada yang salah, dengan seenakhoki. nya melakukan pelanggaran peraMereka merasa merdeka melaturan berlalu lintas. BPOST/ANK

BANJARMASIN, BPOST - Jelang pemilihan umum (Pemilu) 2009, calon legislatif (caleg) maupun partai politik mempromosikan diri lewat pemasangan spanduk dan papan reklame (baleho).

kukan hal itu, tanpa sadar kalau perbuatan itu bisa jadi akan menjajah pengguna jalan lainnya yang tidak bisa meramalkan nasib sebaik dirinya. Mungkin perlu dipikirkan oleh instansi terkait adanya syarat tambahan berupa surat keterangan atau sertifikat kelulusan ilmu meramal, bagi pengendara yang ingin membuat maupun memperpanjang surat izin mengemudi (SIM) nya. Dengan berbekal surat keterangan tersebut, pengguna jalan bisa merdeka menjalankan kendaraan bermotornya karena mereka bisa meramalkan apa yang akan terjadi, beberapa menit maupun detik ke depan. Malah, dengan kemampuan ini angka kecelakaan lalu lintas bisa ditekan hingga maksimal, karena pengguna jalan raya telah ‘melihat’ musibah apa yang akan menimpa mereka. Tapi siapa yang menjamin ramalan mereka akan selalu tepat. Meski pun mendapat dukungan penuh melalui SMS premium, tak ada jaminan ramalan tersebut bakal menjadi kenyataan. Selama belum ada jaminan. Sudah selayaknya kalau kita lebih memilih taat terhadap peraturan berlalu lintas, atau nyawa jadi taruhannya. Kini tinggal kita yang meramalkan, merdeka atau mati?

Advertorial

Hipermar t Ber hasil Kumpulk an Inf aq Senilai Rp 1.086.102.608 Terbanyak di Hypermart Banjarmasin Senilai Rp 177 juta Lebih

Bulan Ramadhan telah lewat. Lebaran pun telah kita lalui. Sudah banyak kebahagiaan yang kita alami bersama keluarga, handai taulan, serta orang-orang terdekat. Tak lupa, kita pun turut memikirkan kebahagiaan kaum dhuafa dan saudara-saudara kita lainnya yang kurang mampu agar kebahagiaan yang kita rasakan juga bisa mereka rasakan. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membantu kaum dhuafa di sekitar kita. Pada bulan Ramadhan lalu, tak sedikit kelompok masyarakat yang membagikan makanan sahur maupun buka puasa untuk orang-orang yang hidup di jalanan, terminal, stasiun, maupun kolong-kolong jembatan. Sementara, kelompok masyarakat yang lain menyumbangkan sebagian hartanya untuk berbagai yayasan anak yatim-piatu. Begitupun menjelang Lebaran, banyak sumbangan, sedekah, hingga zakat yang mengalir untuk dibagikan kepada kaum dhuafa ini. Hypermart adalah sebuah pusat perbelanjaan yang tidak hanya berorientasi bisnis dan laba. Namun, Hypermart adalah juga bagian dari masyarakat yang memiliki kepedulian sosial yang tinggi. Terhadap kaum dhuafa ini, Hypermart pun turut berupaya untuk membantu menyalurkan dana infaq yang terkumpul dari para pelanggan di seluruh gerainya. Bekerjasama dengan Dompet Dhuafa Republika yang terpercaya, Hypermart telah membuka kesempatan bagi pelanggannya yang Muslim untuk menyalurkan infaq-

nya bagi kaum dhuafa. Memasuki tahun ke-3 penyelenggaraan pengumpulan infaq dari para pelanggan Hypermart di tahun 2008 ini, sambutan masyarakat ternyata semakin melegakan, terutama mereka yang berbelanja di Hypermart. Para pelanggan Hypermart ini tak raguragu lagi untuk menyerahkan dana infaqnya. Sebab, dana infaq ini sudah disalurkan kepada kaum yang berhak melalui Dompet Dhuafa Republika yang sudah sangat berpengalaman mengelola dana infaq seperti ini. Pada tahun 2006 lalu, Hypermart telah menerima dana infaq dari para pelanggan setianya sebesar lebih dari Rp 224 juta dan meningkat tajam menjadi Rp 689.878.674 di tahun 2007. Di tahun 2008 ini, jumlah tersebut semakin naik menjadi Rp 1.086.102.608 selama periode 21 Agustus hingga 5 Oktober 2008 lalu. Dari total dana infaq sebesar Rp 1.086.102.608 yang berasal dari seluruh gerai Hypermart di Indonesia, gerai Hypermart Banjarmasin berhasil mengumpulkan jumlah terbanyak dengan nilai Rp 177.518.844. Seluruh dana infaq

tersebut telah disalurkan oleh Dompet Dhuafa Republika kepada saudara-saudara kita, kaum dhuafa. Peningkatan jumlah dana infaq dari tahun ke tahun yang diserahkan oleh para pelanggan Hypermart ini sangatlah wajar, mengingat gerai Hypermart sendiri mengalami penambahan terus dari waktu ke waktu. Untuk tahun 2007, dana infaq yang terkumpul berasal dari 31 gerai Hypermart. Maka, di tahun 2008 ini total dana infaq yang diterima datang dari 39 gerai Hypermart di seluruh Indonesia. Tentang Dompet Dhuafa Republika Lembaga tersebut adalah lembaga nirlaba milik masyarakat Indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF, yaitu Zakat, Infaq,

Shadaqah, Wakaf, serta dana lainnya yang halal dan legal, baik yang berasal dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga. Kelahirannya berawal dari empati kolektif komunitas jurnalis yang banyak berinteraksi dengan masyarakat miskin, sekaligus kerap bertemu dengan kaum kaya. Dari situasi ini, beberapa wartawan Republika menggalang kebersamaan dengan siapapun yang peduli kepada nasib kaum dhuafa. Tanggal 8 Oktober 2001, lembaga independen ini dikukuhkan sebagai Lembaga Amil Zakat tingkat nasional berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 439 Tahun 2001. Program kerjasama Hypermart – Dompet Dhuafa Republika ini bertujuan untuk membantu masyarakat dengan menyediakan sarana yang ideal, aman, dan terpercaya, khususnya bagi umat Is-

lam, untuk menyalurkan infaqnya bagi kaum dhuafa dan fakir miskin. Caranya, pelanggan Hypermart yang ingin berinfaq dapat menyerahkannya langsung kepada kasir saat melakukan transaksi belanja. Nilai infaqnya akan tertera di struk yang diterima. Diadakan setiap menjelang Lebaran, program berinfaq sambil berbelanja ini diharapkan mampu mendekatkan pelanggan Hypermart, terutama umat Muslim, dengan saudara-saudaranya yang kekurangan. Sehingga, kebahagiaan saat merayakan Lebaran dapat dirasakan bersama. Keberhasilan program ini tentunya tak terlepas dari kepercayaan masyarakat pada Hypermart sebagai salah satu pusat perbelanjaan terbesar, dan juga pada Dompet Dhuafa Republika yang terbukti handal dan profesional dalam menangani penyaluran dana infaq. Diharapkan, kepercayaan masyarakat ini semakin meningkat di tahun-tahun mendatang sehingga lebih banyak lagi dana infaq yang bisa disalurkan kepada kaum yang berhak. Dana infaq yang telah disalurkan tersebut tentulah belum mampu membahagiakan seluruh kaum dhuafa. Jumlah ini sangatlah kecil jika dibandingkan dengan jumlah mereka yang membutuhkan. Namun demikian, Hypermart sangat berterima kasih atas partisipasi pelanggan dalam mendukung keberhasilan program ini. Karena dari infaq pelanggan Hypermart, lebih banyak lagi kaum dhuafa yang dapat merasakan kebahagiaan, terutama di saat menjelang Hari Raya Idul Fitri. [gnd]


banjarmasin bungas

Banjarmasin Post SENIN

10 NOVEMBER 2008 / 12 ZULKAIDAH 1429 H

3

E-MAIL: BUNGAS@BANJARMASINPOST.CO.ID

„ Mimbar MTQ Ke-41 Kota Banjarmasin

Official Fahmil Quran Protes Peserta Ganda MUSABAQAH Tilawatil Quran (MTQ) ke-41 Tingkat Kota Banjarmasin yang dipusatkan di Masjid Sultan Suriansyah sudah separo jalan. Tiga cabang lomba pun telah selesai digeber hingga Minggu (9/11). Ketiga lomba yang telah selasi dilombakan itu, Puitisasi Alquran, Pawai Ta’ruf dan Fahmil Quran. Sedangkan enam cabang lainnya

dengan beberapa kategorinya masih berlangsung. Pada saat lomba Fahmil Quran (cerdas cermat) terjadi protes yang dilakukan official dari Banjarmasin Tengah. Mereka protes lantaran adanya peserta lomba itu yang mengikuti dua cabang. Padahal, dalam persyaratan pelaksanaan MTQ kali ini harus peserta hanya dibolehkan untuk

AGENDA HARI INI Hari/Tanggal

Waktu

Kegiatan

Tempat

Senin, 10-11-2008

08.30 – selesai 08.30 – selesai 08.30 – selesai

Musabaqah Syarhil Quran Musabaqah Qiraat Al Quran Khat Dekorasi Al Quran dan Kaligrafi Festival Nasyid Rebana

Panggung Utama MTQ Langgar Al Jawiyah TK/Bustanul Anfal Suriansyah

20.00 – selesai

Panggung Utama MTQ

mengikuti satu cabang lomba. Jika melanggar, maka peserta tersebut dapat didiskualifikasi kemenangannya. Menurut Official Banjarmasin Tengah, Baihaqi, pihaknya menemukan kalau salah satu peserta Fahmil Alquran ada yang telah mengikuti cabang lain, Tahfiz Alquran (Hafalan Alquran, red). Hal itu terlihat dari nama yang sama dan dari official yang sama dalam dua cabang lomba. “Saya yakin, bukan hanya kesamaan nama dengan orang yang berbeda,” katanya. Apalagi, dalam cabang lomba Tahfiz Alquran, yang bersangkutan meraih peringkat atas dalam

pengumuman juri. “Saya harap, panitia dapat menindaklanjutinya,” kata Baihaqi. Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana MTQ ke-41 Tingkat Kota Banjarmasin, Heriansyah, mengatakan pihaknya bersama dewan hakim akan mempelajari laporan tersebut. Menurutnya, hakim akan meneliti juga apakah yang bersangkutan itu rangkap atau hanya memiliki kesamaan nama. “Memang, untuk tahun ini, peserta tidak boleh rangkap dalam mengikuti cabang lomba,” katanya. Selain itu, peserta yang ditetapkan jadi juara pada saat lomba, belum tentu benar-benar juara, sebelum diumumkan secara resmi

BANJARMASIN POST/MURHAN

MEMBUAT KALIGRAFI - Para peserta kategori kaligrafi dengan tekun membuat tulisan indah dari ayat-ayat suci Alquran, Minggu (9/11).

oleh dewan hakim, sehingga, pengumuman pemenang sementara belum bisa diumumkan ke me-

dia. “Kita serahkan ke dewan hakim yang menanganinya, mereka pasti tahu,” ujarnya. (dd)

Dalam Toko Pun Kehujanan „ Atap Sentra Antasari Bocor

„ Training Meditasi Adem Ati

Minyak Bisa Mengurut Sendiri SETELAH punggungnya diolesi dengan minyak khusus, Budi pun mulai mendesis pelan seperti kesakitan. Punggungnya seperti dipijat keras. Tak disangka ternyata minyaknya bisa memijat sendiri. Peserta lain pun tampak heran. Ya, itulah salah satu khasiat minyak yang bisa memijat sendiri yang diperagakan oleh para trainer handal kepada peserta dalam Training Meditasi Adem Ati yang digelar CV Adem Ati, Minggu (9/11) di aula Palimasan lantai v Gedung Djok Mentaya BPost Group. Training dihadiri puluhan peserta yang berasal dari beberapa tempat di Banjarmasin. Pada training meditasi khas Indonesia ini tak hanya diisi trainer andal Suwandi Suryadata. Hadir pula trainer Khusnun atau Cak Nun, serta panitia training lainnya. Menurut Cak Nun dalam pembahasan materinya, Adem Ati adalah seni memaksimalkan potensi diri yang dimiliki oleh manusia. “Dari potensi itu baru 22 persen yang difungsikan maksimal. Sementara 88 persen masih belum dimanfaatkan. Itulah yang kita gali,” jelasnya. Dari teknik yang diajarkan oleh Adem Ati

hanya dengan tiga jam peserta sudah menguasai total action. Terbukti, dengan kemampuan bawah sadarnya dapat melakukan hal hal ajaib. Meditasinya, kata Cak Nun diistilahkan dengan Meditasi Faith Faktor. Usai meditasi ini diajarkan aplikasi kemampuan manusia (outbond). Ada peserta yang bisa mematikan lilin tanpa disentuh, lalu menerbangkan bola lampu, kemudian melemaskan besi hingga memukul hancur beton. “Semua ini hanya bonusnya. Ada yang lebih penting lagi yakni permasalahan yang dihadapi oleh peserta dapat diselesaikan dengan bijak. Salah satu caranya dengan meditasi. Yang pasti, mendapatkan ketenangan hati,” paparnya lagi. Kata Suwandi, ada efek pribadi yang punya kemampuan kuat. Lalu membentuk

manusia yang punya rasa percaya diri serta mampu menyembuhkan penyakit. Peserta training ada yang memang memiliki penyakit. Mulai asam urat, migrain hingga darah rendah. “Para peserta juga kami lengkapi pengetahuan bagaimana meramu ramuan tradisional untuk 55 macam penyakit dan membuat minyak ajaib. Bahkan ramuan untuk keperkasaan,” jelasnya. Salah seorang peserta dari Banjarmasin, Khairillah mengatakan sangat terbantu dengan training ini. Menurutnya dengan teknik menjaga kesehatan dan pengobatan. “Dengan teknik meditasi dan pernafasan meditasi yang saya praktekkan, perasaan saya mulai tenang. Perasaan saya yang biasanya cepat cemas dan gelisah, kini jauh berurang” katanya sambil tersenyum usai training. (ncu/*)

Saldo Akhir 8 November 2008

523.864.905

PEMERINTAH KABUPATEN TABALONG

BANJARMASIN, BPOST Hujan deras yang mengguyur Kota Banjarmasin dan sekitarnya beberapa pekan terakhir mulai dikeluhkan oleh para pedagang dan para pengunjung kompleks perbelanjaan Mall Sentra Antasari. Akibat atap yang tak kunjung diperbaiki, limpahan air hujan menggenai sejumlah areal toko. Kebocoran paling parah seperti terlihat di lantai dasar pasar yang selama ini digunakan sejumlah pedagang seperti aksesori dan alat rumah tangga juga show room mini kendaraan, Sabtu (08/11). Karena salah satu genting transparan (fiber glass) di bagian tersingkap, bulir air hujan bebas masuk. Hal itu membuat sejumlah pengunjung mal menghindari pintu masuk yang dekat area kebocoran karena takut kebasahan. Kebocoran bahkan juga terlihat di kawasan perbelanjaan modern di kawasan setempat, Ramayana. Petugas toko terpaksa menyediakan ember plastik untuk mengurangi luberan air yang menggenang. Kondisi tersebut menambah kekumuhan pasara SA yang kian ngenas. ara pedagang dan warga berharap pemerintah dan pihak terkait segera turun tangan memperbaiki. Apalagi selama ini mereka sudah memenuhi kewajiban membayar sewa dan retribusi pasar. “Ya seperti ini terus kalau hujan deras. Bocornya sudah lama, tapi tidak ada tanda-tanda pengelola memperbaiki. Padahal sebagai penyewa kita tahunya beres saja,” kata Amel, salah satu pemilik

* Sampah belum tertangani dengan baik.

Beberapa * Kotor dan bau, terutama saat hujan. Masalah Sekarang * Drainase kurang berfungsi akibat

tersumbat sampah. * Limbah belum tertangani maksimal. * Lokasi perpakiran semrawut. * Pedagang kaki lima, terutama di emperan toko, makin banyak. * Terminal lantai atas sampai sekarang tak berfungsi. * Terminal angkutan kota belum tertata. GRAFIS/DERRI

kios di lantai dasar. Namun persoalan yang melanda kompleks perdagangan Sentra Antasari (SA) bukan cuma karena hujan deras. Terbengkalainya perawatan pasar setempat karena masih ada kekisruhan antara manajemen pengelola PT Giri Jaladhi Wana (GJW) dengan Pemko Banjarmasin. Bahkan direktur PT GJW, Stefanus Widagdo dimejahijaukan lantaran menambah los di SA. Sementara itu Wakil Wali Kota Banjarmasin, Alwi Sahlan dikonfirmasi mengatakan pengelolaan dan perawatan SA merupakan tanggung jawab PT GJW, bukan Pemko Banjarmasin. “Itu kan belum diserahkan, jadi segala sesuatunya bukan tanggung jawab Pemko. Dulu pernah ada wacana penyerahan pengelolaan, tapi hanya fasilitas umum (fasum) itupun tidak jadi,” katanya. Menurut Alwi, Pemko tidak dapat mencampuri pengelolaan SA karena masih tanggung jawab GJW. Kalau Pemko ikut campur harus ada kejelasan penyerahan SA secara resmi. Diberitakan sebelumnya pengambilalihan SA oleh Pemko dari PT GJW batal

Banjarmasin Post Group

Banjarmasin

Post

MEMBUKA WAWASAN UMMAT

S ir t Kalsel

BESERTA SELURUH JAJARAN Mengucapkan :

Mengucapkan :

TURUT BERDUKA CITA

TURUT BERDUKA CITA

Drs. RAHMAN FAHMI, MM (40 Tahun)

Drs. RAHMAN FAHMI, MM

yang sedalam-dalamnya atas berpulang ke Rahmatullah :

(Camat Bintang Ara - Kab. Tabalong/ Adik Kandung H. Rachman Ramsyi, Bupati Tabalong) Meninggal pada hari Minggu, 9 November 2008 Pukul 09.30 Wita di RSUD Ulin Banjarmasin. Dikebumikan setelah shalat Ashar di Desa Tantaringan, Kec. Muara Harus Kab. Tabalong Semoga arwah almarhum mendapat tempat yang mulia di sisi Allah SWT dan kepada keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan dikuatkan iman. Amin Ya Rabbal A'lamin H. MURHAN EFFENDI, BA Wakil Bupati

Drs. H. Abdel Fadillah, MSi Sekda

adaro

envirocoal

PIMPINAN DAN SELURUH KARYAWAN

PT. ADARO INDONESIA Mengucapkan :

TURUT BERDUKA CITA yang sedalam-dalamnya atas berpulang ke Rahmatullah :

Drs. RAHMAN FAHMI, MM (40 Tahun) (Camat Bintang Ara - Kab. Tabalong/ Adik Kandung H. Rachman Ramsyi, Bupati Tabalong) Meninggal pada hari Minggu, 9 November 2008 Pukul 09.30 Wita di RSUD Ulin Banjarmasin. Dikebumikan setelah shalat Ashar di Desa Tantaringan, Kec. Muara Harus Kab. Tabalong Semoga arwah almarhum mendapat tempat yang mulia di sisi Allah SWT dan kepada keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan dikuatkan iman. Amin Ya Rabbal A'lamin

yang sedalam-dalamnya atas berpulang ke Rahmatullah :

Dalam usia 40 tahun (Camat Bintang Ara - Kab. Tabalong / Adik Kandung H. Rachman Ramsyi, Bupati Tabalong)

Meninggal pada hari Minggu, 9 November 2008 Pukul 09.30 Wita di RSUD Ulin Banjarmasin. Dikebumikan setelah shalat Ashar di Desa Tantaringan, Kec. Muara Harus Kab. Tabalong

Semoga arwah almarhum mendapat tempat yang mulia di sisi Allah SWT dan kepada keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan dikuatkan iman. Amin Ya Rabbal A'lamin

dilakukan tahun ini. DPRD Kota Banjarmasin tidak menyetujui pengambilalihan jika pemko harus mengambil seluruhnya, bukan sebagian saja. Hal itu sama saja melanggar hukum. Kuasa Hukum PT GJW Ahmad Boesiri mengatakan, November 2006 lalu, Pemko secara sepihak meminta PT GJW menyerahkan pengelolaan fasilitas umum dan parkir pasar tersebut. Fasilitas umum, seperti listrik dan air pengelolaannya diserahkan kepada para pedagang. Sedangkan, parkir pengelolaannya diserahkan ke perorangan. “Denganh demikian sejak tanggal itu PT GJW tidak bertanggung jawab lagi atas pengelolaan fasilitas umum seperti selokan, sampah dan parkir,” katanya. Namun, diakuinya, PT GJW masih punya tanggung jawab terhadap kondisi bangunan induk pasar tersebut. “Fisik bangunan, menjadi tanggung jawab PT GJW selama 25 tahun sejak dibangun,” ujarnya. Sehingga, jika kerusakan itu terjadi lantaran fasilitas umumnya yang rusak, maka bukan tanggung jawab PT GJW, kecuali, jika kerusakan itu mengenai fisik bangunan induknya. (nda/dd)


4

opini publik

Banjarmasin Post SENIN

10 NOVEMBER 2008 /12 ZULKAIDAH 1429 H

TAJUK

Amrozi seperti Selebriti LEGA, itulah perasaan yang bisa diungkapkan setelah dieksekusinya para terpidana mati bom Bali, Amrozi, Ali Gufron dan Imam Samudera di hadapan regu tembak, Minggu 9/11/2008 dinihari di hutan Nirbaya, Nusakambangan. Lega karena selama menunggu suasananya sangat mencekam dan menakutkan. Orang bepergian tidak bisa santai seperti sebelumnya, karena penjagaan ada di mana-mana, khususnya di wilayah Jawa Tengah, teristimewa Cilacap. Ribuan petugas keamanan disebar, Cilacap menjadi daerah angker, nelayan pun dilarang mendekat. Sekarang kehidupan sudah normal kembali. Tindakan pengamanan ini oleh sementara orang dianggap berlebihan, sebab eksekusinya tidak jelas kapan dilakukan se hingga orang-orang yang ingin menunjukkan solidaritas kepada Amrozi cs ber kesempatan untuk melakukan unjuk rasa dan berbagai aksi lain. Di Lamongan dan Banten, tempat tinggal para terpidana mati, juga tidak kalah tegangnya. Masyarakat setempat memberikan simpati kepada keluarga para terpidana. Ribuan orang juga ikut mengantar jenazah mereka. Amrozi cs seperti selebriti, tiap hari jadi berita. Hukuman mati adalah putusan terberat yang tidak diinginkan oleh siapa saja. Di Indonesia sendiri ada dua pendapat yang bertentangan, yang satu mendukung hukuman mati dan lainnya menolak. Dalam KUHP (Kitab Undang-undang Hukum Pidana) kita, hukuman mati masih ada, bahkan dalam rancangan KUHP pun hukuman mati tidak dihapus. Hukuman mati baru dijalankan kalau sudah berkekuatan hukum tetap. Jadi kalau petugas melakukan eksekusi terhadap terpidana mati, siapa pun dia, adalah melaksanakan perintah UU. Akan halnya dengan eksekusi Amrozi cs yang persiapannya terkesan berlebihan, kita bisa memahami. Terpidana mati ini memiliki jaringan luas dengan teroris yang kini banyak bercokol di dalam maupun luar negeri. Salah satu pentolan teroris yang kini buron di Indonesia adalah Noordin M Top, warga negara Malaysia yang terus mencari korban untuk dijadikan pelaku bom bunuh diri atau pun tidak. Atas dasar ini penjagaan harus ditingkatkan untuk mengan-

tisipasi segala kemungkinan yang tidak diinginkan. Teror bom itu terjadi 12 Oktober 2002 di sebuah kafe di Legian, Bali. Korbannya 202 orang meninggal, termasuk orang-orang Indonesia, tetapi terbanyak warga negara Australia. Sejak itu teror bom terus berdentuman, di Hotel Marriot Jakarta, di depan Kedutaan Besar Australia, di Bali lagi lewat bom bunuh diri, di Palu dan daerah lain. Semuanya dengan korban jiwa yang tidak sedikit. Banyak pelaku yang kini masih buron, belum lagi teroris-teroris binaan baru yang belum semua bisa diungkap. Kita mengutuk tindakan terorisme yang menggunakan agama sebagai kedoknya. Islam adalah agama yang mengutamakan persaudaraan dan cinta terhadap sesamanya, karena itu terlalu sulit untuk bisa menangkap pemikiran yang menjadikan manusia sebagai korban dalam melaksanakan perjuangannya. Kita menghargai perbedaan pendapat, tapi kita tidak bisa terima jika nyawa menjadi tujuan perburuan mereka. Betapa sedihnya anak-anak yang ditinggal mati orang tuanya atau sebaliknya. Betapa pahitnya jika orang yang tengah berbelanja di pasar, mall dan lain-lain tiba-tiba mati berkeping-keping. Bagaimana jika itu mengenai keluarga para pelaku bom? Dieksekusinya Amrozi dan kawan-kawannya bukanlah akhir dari perjuangan para teroris. Karena itu, kita harus meningkatkan kewaspadaan. Tempat-tempat umum, perbelanjaan, pasar, kantor-kantor bahkan rumah sakit sekalipun tidak boleh lengah. Ada baiknya masyarakat di kampung-kampung ikut menyingsingkan lengan baju untuk mencegah terulangnya perbuatan para teroris. Mungkin saja para teroris melakukannya tidak secara konvensional (meledakkan bom) misalnya, karena yang ini sudah banyak diantisipasi. Jangan-jangan mereka juga sudah menyimpan jurus lain. Sulit dipercaya kalau mereka hanya ingin sasaran orang asing, khususnya Amerika. Buktinya mereka juga membunuh bangsanya sendiri yang tidak berdosa. Jadi kata kuncinya adalah: Waspada.

SUARA REKAN Sabtu, 8 November 2008

Mewaspadai Bencana Alam ANCAMAN bencana alam semakin mencemaskan di akhir tahun 2008. Hampir seluruh daerah di Tanah Air, dilaporkan sudah dilanda banjir, tanah longsor dan gelombang laut yang tinggi. Korban manusia, kehilangan harta benda, dan keterisolasian wilayah merupakan akibat langsung dari bencana alam. Di Provinsi Sulawesi Selatan, bencana alam juga sudah menimbulkan kerugian yang tak sedikit. Banjir bandang dan tanah longsor di Palopo, misalnya, mengakibatkan sedikitnya tiga orang meninggal dunia. Korban hilang masih dalam pencarian regu penolong. Ribuan warga terisolasi dan ratusan rumah rusak. Yang memprihatinkan, bencana alam dan tanah longsor itu sudah sering terjadi. Dengan kata lain, upaya mengantisipasi datangnya bencana alam bukan lagi sesuatu yang baru. Jika aparat pemerintah daerah waspada, akibat bencana alam seyogianya bisa dikurangi, dari tahun ke tahun. Pada hakikatnya, alam merupakan bagian integral dari kehidupan masyarakat. Alam juga senantiasa melakukan respons terhadap sikap dan perilaku masyarakat. Alam bukanlah suatu unsur kehidupan masyarakat yang bersikap statis. Atau, tidak memiliki mekanisme timbal balik terhadap setiap perlakuan dari masyarakat. Berarti, ancaman bencana tidak terlepas dari perilaku manusia terhadap alam. Penggundulan hutan, misalnya, menyebabkan keseimbangan alamiah terganggu. Akibatnya, air hujan yang seharusnya diserap oleh tanah dan pepohonan, mengalir dengan deras tanpa ham-

Homepage: http//www.banjarmasinpost.co.id Penerbit SIUPP

: PT Grafika Wangi Kalimantan : SK Menpen No. 004/SK/MENPEN/ SIUPP/A.7/1985 tgl 24 Oktober 1985 Sejak Tanggal : 2 Agustus 1971 Direktur Utama : Herman Darmo Pemimpin Redaksi/ Wakil Pemimpin Umum: H Pramono BS Redaktur Pelaksana: Harry Prihanto, Dwie Sudarlan Sekretaris Redaksi: Umi Sriwahyuni Manajer Produksi: Agus Rumpoko Wakil Manajer Produksi: Muhammad Yamani Koordinator Liputan: Dade Samsul Rais Staf Redaksi: M Iqbal Raziffuddin, Noor Dachliyanie Adul, Sudarti, Didik Triomarsidi, Halmien Thaha, Ernawati, Yenny Yanuarita, Kaspul Anwar, Ribut Raharjo, Fikria Hidayat, Mulyadi Danu Saputra, M Royan Naimi, Hanani, Burhani Yunus, Sigit Rahmawan Abadi, Anjar Wulandari, Anita Kusuma Wardhani, Mansyur, Urif Suhar Yanto, Ratino Taufik Biro/Perwakilan: Banjarbaru/Martapura: Syamsuddin (Kepala Biro), Herlina Lasmianti, Aries Mardiono Barabai: Khairil Rahim Amuntai: Wahyudi Rachman Tanjung: Mahdan Basuki, Pelaihari: Idda Royani, Tanah Bumbu: Moh Choiruman, Marabahan: Ahmad Riduan, Palangka Raya: Noorjani Aseran (Kepala Biro), Sutransyah, Faturrahman Kuala Kapuas: Mustain Khaitami Muara Teweh: Mardedi Jakarta: Achmad Subekhi (Kepala Biro), Domuara Ambarita (Waka Biro), Murdjani, Antonius Bramantoro, Budi Prasetyo, Zulfikar W Eda, FX Ismanto, Heroe Baskoro, Johnson Simanjuntak, Rahmat Hidayat, Yulis Sulistyawan, Choirul Ariffin, Hendra Gunawan. Ilustrator/Karikaturis: Ivanda Ramadhani.

batan ke tempat rendah seperti sungai, pemukiman penduduk, atau areal pertanian. Semakin tinggi curah hujan, semakin deras aliran air mengalir. Alhasil, sungai-sungai meluapkan airnya dan menimbulkan banjir dengan daya rusak yang luar biasa. Begitu pula, lerenglereng gunung yang terjal, dengan mudah runtuh menjadi tanah longsor yang mampu menimbun desa. Sebenarnya, ancaman bencana alam bisa dihindari atau dikurangi kedahsyatannya. Tentu saja, bila masyarakat berlaku arif terhadap lingkungan alamnya. Itu sebabnya, muncul paradigma tentang hidup bersahabat dengan alam. Masyarakat biasa mendapatkan manfaat dari lingkungan sekitarnya, yakni dengan memanfaatkan alam secara arif. Masyarakat tidak mengeksploitasi secara berlebihan. Sayang, yang terjadi justru sebaliknya. Pemanfaatan sumber daya alam berlangsung tidak terkendali. Hutan-hutan dibabat habis, tanpa usaha pemulihan kembali lingkungan ke kondisi sebelumnya. Bahan-bahan tambang digali sebanyak mungkin, meninggalkan lubang-lubang raksasa di permukaan. Alhasil, alam pun marah. Jangan terkejut, jika kemarahan alam itu datang dalam bentuk bencana yang dahsyat. Dalam menyikapi kenyataan tersebut, upaya pemulihan kembali keseimbangan di alam sekitar menjadi keharusan. Begitu pula, upaya menghindari pengelolaan alam yang semenamena. Di samping itu, menyiapkan masyarakat agar tetap waspada terhadap datangnya bencana.

e-mail : redaksi@banjarmasinpost.co.id Pemimpin Umum : HG Rusdi Effendi AR Pendiri : Drs H J Djok Mentaya (1939-1994) Drs H Yustan Aziddin (1933-1995) HG Rusdi Effendi AR

Pemimpin Perusahaan: A Wahyu Indriyanta, Wakil Pemimpin Perusahaan/Bagian Promosi: M Fachmy Noor, Bagian PSDM/Umum: Tapriji, Bagian Iklan: Fahmi Setiadi (08115003012), Bagian Sirkulasi: Eko Wahyudi (08115000117). Alamat Redaksi/Iklan/Sirkulasi: Gedung HJ Djok Mentaya, Jl AS Musyaffa No16 Banjarmasin 70111, Telepon (0511) 3354370 (hunting), Fax 4366123, 3353266, 3366303 Bagian Iklan: (ext. 113, 114), Bagian Sirkulasi: (ext. 116,117) Hotline Langganan: (0511) 3352050 Biro Jakarta-Persda: Redaksi, Jl Pal Merah Selatan No 12 Lantai II Jakarta 10270, Telp (021) 5483008, 5480888 dan 5490666 Fax (021) 5495360, Iklan/ Sirkulasi: Gd Persda Lt I Jalan Palmerah Selatan No 1-4 Jakarta 10270 Telp (021) 5483008, 5480008, Fax (021) 53696583 Perwakilan Surabaya: Jl Raya Gubeng No 98 Surabaya, Telp/Fax (031) 5021779, Biro Banjarbaru: Jl Wijaya Kusuma No 11 Telp (0511) 4780356, Biro Palangka Raya: Jl Tjilik Riwut Km.2,5 Palangka Raya, Telp (0536) 3242361 Tarif Iklan: zDisplay Umum: Hitam Putih (BW): Rp 17.500/mmk Berwarna (FC): Rp 35.000/mmk zDisplay Halaman 1: Hitam Putih (BW): Rp 35.000/ mmk Berwarna (FC): Rp 70.000/mmk zIklan kolom/Duka Cita: Hitam Putih (BW): Rp 10.000/ mmk Berwarna (FC): Rp 20.000/mmk zIklan Baris: Rp 10.000/baris . Catatan: Harga belum termasuk PPN 10%. Harga Langganan: Rp 50.000/bln Percetakan: Alma Mater Press Offset Alamat: Lianganggang Km 21 Landasan Ulin Selatan Banjarbaru. Telepon (0511) 4705900-01 isi di luar tanggungjawab percetakan.

WARTAWAN “BANJARMASIN POST GROUP” SELALU DIBEKALI TANDA PENGENAL DAN TIDAK DIPERKENANKAN MENERIMA/MEMINTA APA PUN DARI NARASUMBER.

Renungan Hari Pahlawan

Mengharap Kehadiran Pahlawan Baru MEMBACA buku yang berisikan catatan sejarah bangsa kita, ternyata di dalamnya penuh uraian yang sarat dengan nilai-nilai patriotik dan idealisme yang tertanam kuat pada diri para pejuang kemerdekaan. Oleh : Mohammad Effendy

ereka yang hidup di zaman penuh penderitaan dan berada dalam belenggu kolonialisme saat itu, sangat merasakan betapa rakyat dan bangsa ini selalu dipandang rendah dan hina oleh pemerintah penjajah. Rakyat kebanyakan dibiarkan hidup dalam kebodohan dan kemiskinan, sementara segelintir yang terdidik diarahkan dan diawasi agar mereka tidak melakukan aktivitas yang dapat membangkitkan semangat perlawanan kepada penjajah. Perlakuan diskriminatif yang dilakukan oleh pemerintah penjajah sungguh sangat menyayat hati. Warga Belanda dan Eropa diperlakukan sebagai penduduk kelas satu dengan berbagai hakhak istimewa, sementara warga timur asing masuk kategori kelas dua. Sedang rakyat Indonesia yang disebut mereka ‘Bumi Putera’ adalah warga kelas tiga. Sebagai warga kelas tiga, maka rakyat Indonesia harus ikhlas menerima tindakan kesewenangan, perlakukan tidak adil, atau bahkan cemoohan dan hinaan. Fasilitas publik yang tersedia lebih diperuntukkan bagi warga kelas satu (Belanda dan Eropa) dan sebagiannya bagi warga kelas dua kelompok timur asing. Sedangkan bagi Bumi Putera harus rela berada di urutan belakang dengan kondisi yang sangat buruk. Di mata penjajah, warga Bumi Putera adalah kelas masyarakat yang tidak perlu mendapat perhatian dan tidak sepatutnya mendapat layanan. Warga Bumi Putera

M

seperti tidak memiliki hak apa-apa dalam penyelenggaraan pemerintahan yang dikendalikan penjajah. Kondisi yang memprihatinkan inilah yang membangkitkan semangat para pejuang untuk menentang hinaan dan ketidakadilan. Mereka yang terpelajar mencurahkan waktu dan tenaganya untuk mendidik bangsanya agar rakyat menjadi cerdas dan memiliki harga diri. Sebagiannya lagi membentuk organisasi yang bergerak di bidang politik dengan tujuan menumbuhkan semangat kebangsaan bagi para anggotanya serta masyarakat luas sekaligus menyiapkan diri untuk menjadi bangsa yang merdeka. Ada lagi segelintir orang yang ikut latihan kemiliteran, dan dari mereka inilah lahir cikal-bakal para pemimpin tentara nasional yang dalam perjuangan kemerdekaan berada di front terdepan. Para kiai yang tersebar di berbagai pesentren dan pengajian tidak pernah berhenti dan tidak memiliki rasa takut untuk selalu mengumandangkan semangat jihad kepada para santrinya. Membela tanah air adalah jalan lurus para syuhada, demikian fatwa yang selalu didengungkan oleh kiai dengan bahasa lugas tanpa pamrih. Membela ibu pertiwi adalah kewajiban yang memiliki derajat yang sama dengan kewajiban agama lainnya, kata para ulama dengan suaranya yang lembut namun mengandung magnet kuat menembus ‘iman’ para pejuang. Berbagai biografi para tokoh pejuang terungkap banyak cerita kegetiran yang mereka alami. Mulai dari kehidupan yang serba susah sampai pada penderitaan di balik terali besi atau tempat pembuangan di pulau terpencil yang hingga kini sulit dicapai transportasi umum.

Mereka korbankan harihari panjang dalam derita, padahal masih tersedia jalan lain yang lebih memberikan harapan. Akan tetapi semangat patriotik dan rasa cinta tanah air yang begitu merasuk dalam jiwa, membuat mereka rela menjalani berbagai kesusahan, daripada hidup senang namun diliputi kegelisahan karena ‘mengkhianati’ ibu pertiwi dan nuraninya. Para tokoh pejuang yang telah menyelesaikan peran sejarahnya mewariskan nilai keteladanan yang sangat bermakna. Berjuang demi mengangkat harkat dan martabat bangsanya agar sejajar dengan bangsa lain, meski harus berhadapan dengan kebengisan kolonial. Mereka suarakan dengan lantang agar hak rakyat dihormati. Karena tuntutan itu pula, para pemimpin kita ditangkap, ditahan, disiksa dan diisolasi dari interaksi sosial. Dalam renungan suci saat mengheningkan cipta pada seremonial peringatan Hari Pahlawan atau hari bersejarah lainnya, kita selalu memanjatkan doa. Doa kita diangkat ke atas oleh para malaikat untuk kemudian ditaburkan kembali ke bumi ibu pertiwi. Taburan doa kita menyirami pusara para pahlawan, membawa kesejukan bagi para jiwa yang telah berkorban demi bangsanya. Sekarang bangsa yang telah mereka perjuangkan dengan segala pengorbanan tersebut telah bebas dari genggaman kolonial. Bangsa ini telah menikmati kemerdekaan, sama dengan bangsa lain yang berdaulat. Apakah cita-cita para pejuang merebut kemerdekaan sudah tercapai atau setidaknya semakin mendekati tujuan nasional sebagaimana yang telah diikrarkan dalam Pembukaan UUD 1945 ? Sekiranya para pahlawan pejuang dapat menyaksikan keadaan bangsa sekarang ini, pastilah akan terdengar tangisan yang sangat memilukan. Menyaksikan wajah ibu pertiwi yang murung, karena anak bangsanya saling bere-

but kekuasaan, tanah tumpah darah yang dulunya mereka pertahankan dengan darah para syuhada, telah dikapling oleh tangan-tangan penguasa atau digadaikan kepada bangsa asing. Pahlawan baru Terminologi pahlawan mengandung dimensi yang lebih luas. Seorang anak bangsa yang melakukan riset dan menemukan konsep baru yang bermanfaat bagi kemanusiaan, juga seorang pahlawan. Mereka yang mengharumkan nama bangsa dengan prestasi yang mendunia, tentunya berhak mendapat predikat pahlawan. Orang-orang yang mengabdikan dirinya dengan membimbing warga di pelosok terpencil dan jauh dari publikasi media, tentu juga seorang pahlawan. Memang banyak orang yang berjiwa pahlawan telah dilahirkan dari rahim ibu pertiwi. Akan tetapi mereka yang memiliki jiwa pahlawan tersebut berada di luar bingkai kekuasaan, sehingga gaungnya sangat terbatas. Harapan kita sebenarnya adalah lahirnya sosok pahlawan yang akan memimpin negeri ini kemudian mengangkat bangsa ini menjadi bangsa yang besar. Bangsa yang memiliki kewibawaan sebagai bangsa berdaulat, sehingga kehadirannya diperhitungkan dalam percaturan global. Kita merindukan pahlawan baru yang mewarisi jiwa patriotik, penuh semangat juang demi masyarakat dan bangsanya. Seorang tokoh berwibawa yang tampil mengayomi bangsanya dari kolonialisme baru. Figur pemimpin yang berani merombak tatanan lama, kemudian menawarkan visi baru yang membawa harapan bangsa ini keluar dari segala keterpurukan. Sosok pemimpin yang mau ikut ‘menderita’ ketika rakyatnya dalam kesusahan. Persoalannya, mengapa Ibu Pertiwi seperti ‘mandul’ untuk melahirkan tokoh pahlawan seperti harapan kita? Staf pengajar Fakultas Hukum Unlam

MEREKA BICARA HARI PAHLAWAN - Setiap 10 November, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan untuk mengenang jasa para pejuang yang telah gugur melawan penjajah. Mereka rela mengorbankan harta benda dan nyawanya demi kemerdekaan bangsa ini.

Teruskan Perjuangan SEMANGAT perjuangan para pahlawan hendaknya menjadi motivasi bagi generasi muda untuk meneruskannya, mengisi pembangunan tanpa kenal lelah dan pamrih. Sejak dulu hingga sekarang semangat heroik pemuda tidak pernah berubah, yang membedakan yakni cara yang mereka harus lakukan demi mengisi makna perjuangan. Peranan pemerintah sangat diperlukan untuk menumbuhkan semangat generasi muda agar tongkat estafet kepemimpinan bisa

berjalan secara berkesinambungan. Untuk melanjutkan perjuangan, kaum pemuda diharapkan selalu berbuat hal yang positif agar bisa menjadi sejarah yang nantinya bisa dikenang generasi berikutnya, sebab sejarah pasti terus berjalan.(bb)

Berjuang Melawan Narkoba GENERASI muda merupakan penerus perjuangan yang telah dirintis oleh para pahlawan. Hingga kini maupun masa yang akan datang perjuangan itu tak akan pernah ada akhirnya. Tempo dulu pahlawan berjuang melawan penjajah, namun saat ini generasi muda berjuang untuk mendapatkan pendidikan tinggi untuk meneruskan tongkat estafet kepemimpinan. Hal yang terpenting adalah meneruskan perjuangan para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan dan mengisinya agar bangsa ini sejajar dengan bangsa lain. Perjuangan generasi muda sekarang ini justru lebih berat lagi, sebab di era globalisasi harus bisa melawan arus budaya luar seperti pergaulan Reno Welum Antonius bebas dan narMahasiswa Akparnas BPOST/RAHMAWANDI kotika. (bb)

Riduan Iman Veteran

BPOST/RAHMAWANDI

Motivasi HARI Pahlawan yang diperingati setiap 10 November merupakan memuntum untuk mengingat kembali jasa perjuangan para pejuang yang rela berkorban harta benda dan nyawa untuk melawan penjajah. Semangat perjuangan para pahlawan kita patri dan pupuk untuk generasi selanjutnya agar nilai-nilai perjuangan tidak terlupakan begitu saja. Pemutaran film dokumenter tentang perjuangan tempo dulu merupakan salah satu bentuk nyata untuk memberikan informasi kepada generasi muda, bagaimana para pahlawan gigihnya merebut kemerdekaan. Melalui tayangan seperti itu diharapkan dapat menumbuhkan semangat generasi muda untuk terus maju dan berjuang mengisi kemerdekaan. Jadikanlah Hari Pahlawan sebagai motivasi untuk berbuat yang lebih baik dan lebih baik lagi dengan berkarya sesuai dengan bidang Fuad Zaky Yamani ilmunya. (bb) Masyarakat BPOST/RAHMAWANDI

Tulisan Opini bisa dikirim ke email: redaksi@banjarmasinpost.co.id (Maksimal 5.000 karakter tanpa spasi). Sertakan nama, alamat lengkap, nomor telepon, nomor rekening dan fotokopi (KTP). Opini yang terbit akan kami berikan imbalan ke nomor rekening penulis. Terima kasih.


Banjarmasin Post

| Senin, 10 November 2008 | Halaman 5

Gelar Bioskop Keliling MENGUTAMAKAN kepentingan rakyat merupakan komitmen Partai Gerindra. Untuk itu, caleg Gerindra merapatkan barisan melaksanakan berbagai kegiatan kemasyarakatan. Sekretaris DPD Gerindra Kalsel, Noor Sjahdy menjelas-

kan, Gerindra siap menggelar program aksi kemasyarakatan yang jenis kegiatannya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat masingmasing daerah pemilihan. “Aksi kemasyarakatan yang rencananya akan kita gelar meliputi memfasilitasi koperasi, pedagang pasar, kelompok

tani dan sebagainya. Tim caleg Gerindra akan menfasilitasi sarana produksi, proses produksi dan hal-hal lainnya terkait dengan pengembangan dan pemberdayaan usaha kemasyarakatan tersebut,” ujarnya. Semua bentuk dan jenis fasilitas disesuaikan dengan kemampuan dan daya jangkau tim caleg dan masyarakat di dapil bersangkutan. Sebagai con-

toh, kebutuhan daerah pertanian tentunya berbeda dengan kebutuhan daerah pesisir pantai, sehingga bentuk fasilitas yang diberikan pun berbeda. Selain itu, parpol nomor urut lima yang mengusung Prabowo Subianto sebagai capres ini juga membuka kioskios layanan umum, dan untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat akan sarana

Kenali Parpol Peserta Pemilu UNTUK memperkenalkan parpol peserta pemilu kepada masyarakat, Banjarmasin Post menurunkan profil singkat parpol melalui rubrik Genta Partai. Tulisan ditayangkan dua kali dalam sepekan sesuai nomor urut parpol yang disahkan KPU.

Prabowo Subianto KOMPAS/DHONI SETIAWAN

produksi maka parpol ini juga menggelar pasar murah keliling yang menjual barang kebutuhan pertanian, perkebunan, pertenakan misalnya herbisida, pupuk, pakan ternak dan lainnya. Dan yang menarik, parpol berlambangkan kepala garuda ini juga menggelar bioskop keliling dengan memutar film nasional yang berkualitas. Nampaknya Laskar Pelangi menjadi alternatif utama film yang diputar nantinya di masyarakat di setiap daerah pemilihan terutama daerah pinggiran. “Dengan pemutaran film Laskar Pelangi ini kami ingin menggugah antusiasme generasi muda dan masyarakat luas terhadap pendidikan yang sangat penting perannya dalam meningkatkan sumber daya bangsa kita,” jelasnya. Di samping pemutaran film nasional, disampaikan pendidikan politik sebagai pembelajaran agar masyarakat benar-benar memilih parpol berdasarkan kepentingan masyarakat. “Sebaiknya masyarakat memilih dengan jeli parpol yang benar-benar memperjuangkan kepentingan dan aspirasi mereka,” tandasnya.(aa)

PPPI Lirik Sultan YOGYAKARTA, BPOST Raja Kraton Yogyakarta yang juga Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, mendapat dukungan riil masyarakat untuk maju sebagai capres. Namun tanpa dukungan parpol, Sultan tak bisa maju pada Pilpres 2009. Salah satu parpol yang siap mengusung adalah Partai RepublikaN. Tapi sebagai pemain baru di kancah pemilu, rasanya sulit bagi partai ini meraih suara besar. Kali ini, hadir lagi pendatang baru yang hendak mengusung Sultan sebagai capres

yakni, Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI), Sultan akan disandingkan dengan Ketua Umum Jenderal Sudirman Center, Bugiakso, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin atau Direktur Eksekutif Freedom Institute Rizal Mallarangeng. Pernyataan mendukung Sultan itu dituangkan dalam pernyataan sikap yang ditandatangani Ketua Dewan Pimpinan Daerah PPPI Yogyakarta, Totok Suharto. Menurut PPPI Yogya, Sultan bisa membawa Indonesia

keluar dari berbagai krisis di bidang politik dan membuat Indonesia berdikari di bidang ekonomi dan bermartabat di bidang budaya. Sultan diharapkan bisa menghapus budaya korupsi, menegakkan supremasi hukum dan menciptakan iklim berusaha yang kondusif. Sultan sendiri merasa optimistis dapat maju. Dia merasa masih merasa ada waktu untuk melakukan pendekatan terhadap parpol-parpol besar termasuk Golkar yang selama ini menjadi tempatnya bernaung.(vvn/rbt)

Perhatikan Lingkungan

Hargai Pahlawan Seni

KALAU kita lihat di Banjarmasin maupun di daerah lain di Kalsel, lingkungan banyak yang rusak. Mulai dari yang sepele yakni banyaknya yang membuang sampah sehingga sungai makin keruh. Kemudian pepohonan di beberapa ruas jalan banyak yang sudah gundul alias ditebang. Padahal kan kita tahu DOK.BPOST pepohonan itu Rizwar AFI, Artis mengurangi polusi udara. Dan banyak lagi deh masalah lingkungan lainnya. Tak hanya pada masyarakat, perhatian pemerintah terutama wakil rakyat yang terpilih dalam Pemilu 2009 nanti juga sangat diperlukan. (ncu)

PENGHARGAAN untuk pahlawan seni di Indonesia maupun di daerah kita kayaknya masih perlu ditingkatkan. Cukup banyak yang memiliki prestasi tetapi belum diberikan penghargaan. Dalam hal ini bukan berupa materi tetapi memberikan kesempatan kepada putra daerah untuk tampil di acara daerah, itu sudah lebih dari cukup. Kebanyakan kalau DOK.BPOST ada acara malah lebih Lita KDI, Artis cenderung memilih artis luar daerah. Tak hanya itu, kalau bisa dibangun tempat khusus untuk membina seniman lokal sehingga dapat berprestasi di nasional. Saya yakin potensi daerah kita tak kalah bersaing dengan daerah lain. Saya berharap ini bisa diperhatikan wakil rakyat kita. (ncu)

:

0

21. REPUBLIKAN

:

40 POIN

3. PPPI

:

22. PELOPOR

:

10 POIN

4. PPRN

: 150 POIN

23. GOLKAR

: 290 POIN

5. GERINDRA

: 270 POIN

24. PPP

:

0

6. BARNAS

:

25. PDS

:

0

0

0

: 250 POIN

26. PNBK

:16.060 POIN

: 260 POIN

27. PBB

: 130 POIN

9. PAN

: 290 POIN

28. PDIP

: 420 POIN

10. PPIB

:

29. PBR

: 140 POIN

11. KEDAULATAN

: 1.210 POIN

30. PATRIOT

:

12. PPD

:

0

31. DEMOKRAT

: 270 POIN

13. PKB

:

90 POIN

32. PKDI

:

14. PPI

:

90 POIN

33. PIS

: 200 POIN

15. PNIM

:

0

16. PDP

: 210 POIN

0

0 0

34. PKNU

:

70 POIN

41. MERDEKA

:

0

17. PAKAR PANGAN:

0

42. PPNUI

:

0

18. PMB

:

0

43. PSI

:

10 POIN

19. PPDI

:

0

44. PARTAI BURUH :

0

Santai Tapi Serius

Golkar Undi KTA Berhadiah Umrah BANJARMASIN, BPOST - Partai Golkar Kalsel akan mengundi kartu tanda anggota (KTA) yang berhadiah perjalanan wisata religi tur Wali Songo dan umrah ke Tanah Suci. “KTA berhadiah perjalanan wisata religi tur Wali Songo ditambah dengan wisata selama satu hari di Jakarta akan diundi pada 15 November 2008. Sedangkan umrah diundi 15 Januari 2009,” kata Humas Partai Golkar Kalsel, Lili Irianti Mala dalam rilis yang diterima BPost, Minggu (9/11). Untuk tur wali songo dijadwalkan berangkat 15 Desember 2008, sedangkan umrah pada 15 Februari 2009. Semua biaya dan akomodasi selama perjalanan ditanggung partai. Bahkan pemenang juga akan mendapatkan uang saku. Mereka yang berhak mendapatkan kesempatan merebut hadiah adalah kader maupun simpatisan partai di seluruh wilayah Kalsel yang memiliki KTA Partai Golkar. Berbeda dengan kabupaten dan kota lain yang cuma diundi satu pemenang, khusus wilayah Kota Banjarmasin akan dipilih dua orang pemenang. Mereka juga diperbolehkan membawa pendamping masing-masing. “Selain diundi, pemilik KTA Partai Golkar juga tercatat sebagai pemegang saham dari perusahaan-perusahaan yang dijalankan Koperasi Golkar,” tambahnya. (nda)

20. PDK

: 860 POIN

8. PKS

KAPANLAGI.COM

“Biar saja itulah demokrasi. Jadi nama itu menurut saya hiburan saja,” MAGELANG, BPOST - Indonejawabnya. Syafii meminta sia memerlukan figur pemimpin para capres yang yang mau berjibaku. Dia harus terlalu bernafsu, berani menempuh jalan yang agak dan syahwat politiknya terlalu tinggi, berbahaya untuk kepentingan untuk bisa mengenbersama. Sebab bangsa ini sudah dalikan dirinya. SeNET bab, nantinya calonterpuruk. Syafii Ma’arif calon itu belum tenan, mengambang,” ujarnya. tu bisa maju sebagai capres “Bukan hanya terpuruk, Syafii juga menyatakan pada 2009. Karena mereka tapi tidak punya harkat dan tidak mempermasalahkan harus melihat dulu perkemmartabat,” ujar mantan Keusia para capres. Juga apakah bangan politik berikutnya. tua PP Muhammadiyah Syacalon itu figur lama maupun “Ya direm sedikit. Kan hafii Ma’arif usai launching buku baru. “Kita lihat nanti, jangan rus diusung partai dengan 20 biografi Kyai Hamam Dja’far sekarang. Saya tidak mau persen kursi di DPR atau 25 di Ponpes Pabelan, Magemenyebut nama, kalau saya persen suara pemilu,” kalang, kemarin. sebut nama berarti saya sutanya. Atas dasar itu, Syafii berhadah menjagokan seseorang Pada bagian lain, Guru rap pemimpin mendatang yang saya belum tentu perBesar Sejarah Universitas mampu mengerti persoalan, caya,” tukasnya. Negeri Yogyakarta melihat mengerti peta politik, maupun Munculnya nama-nama bangsa ini belum banyak mepeta sosial ekonomi. Tanpa capres saat ini, kata Syafii, lahirkan negarawan. itu, tegas Syafii, bangsa ini merupakan hal biasa dalam “Yang banyak para politisi akan semakin kesulitan mengdemokrasi. Namun dia meyang rabun ayam, yang lihat hadapi perkembangan global. nyatakan kemunculan namadekat-dekat ini saja, yang “Kita akan menjadi bangsa nama mereka masih sebatas jauh tidak kelihatan,” katayang tidak dihitung besar. Tehiburan saja. nya.(oz/ant) tapi ringan dalam perhitung-

: 250 POIN

2. PKPB

7. PKPI

Direm Dulu Nafsunya „ Syafii Ingatkan Para Capres

1. HANURA

BAGI Eko Patrio, terjun ke dunia politik itu tidak boleh asal-asalan. Makanya, jauh-jauh hari sebelum menjadi caleg PAN, komedian ini terus ‘menyuntik’ otaknya dengan ilmu politik. “Kalau saya sih buat ngecas lagi. Tidak seperti teman-teman saya di luar yang sekadar ikut-ikutan partai,” ujar Eko. Menurut caleg DPR dari dapil Jatim VIII (Nanjuk, Madiun, Mojokerto, Jombang) itu, pendidikan politik tidak selalu harus terlihat serius terus. Santai tapi tetap serius. “Politik itu nggak harus seperti 1+1=2,” cetus lulusan IISIP (Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) itu. Suami artis Viona Rosalina itu menolak anggapan bahwa artis hanya sebagai ‘lipstik’ partai. Menurut dia, kehadiran artis merupakan win-win solution. Artinya partai membutuhkan selebriti, begitu juga selebriti membutuhkan partai. “Kalau buat saya, saya bangga masuk di PAN. Bukan bagian dari Orde Baru, tapi Orde Reformasi yang menyikapi sebuah masalah tidak punya beban politik di belakangnya. Artinya, saya harus menjadi jati diri saya sendiri. Seperti teman-teman lainnya, tetap menjadi selebriti tapi masih punya tanggung jawab moril dalam etika politik,” paparnya. Menurut dia, di negara yang demokratis seperti ini, selebriti tidak akan bisa berbuat apa-apa bila berada di luar birokrasi. “Saya menjadi selebriti berkat masyarakat, sudah saatnya saya berbalik kepada masyarakat. Tentunya sesuai dengan rule saya sebagai seniman,” ujarnya. (inl/vvn) Eko Patrio bersama anaknya.


Super Ball SENIN, 910November November 2008 Senin,

Halaman 6

Banjarmasin Post

BARCELONA - 6

FESTIVAL gol Barcelona terus berlanjut. Dan kemarin (9/11), aktor utama festival gol itu adalah Samuel Eto’o. Tak tanggung-tanggung, striker asal Kamerun tersebut memborong empat gol alias quattrick saat Barcelona membantai Real Valladolid 6-0 di Stadion Nou Camp dalam lanjutan La Liga. Itulah kemenangan ketujuh El Barca dengan skor di atas empat gol. Julukan Lords of the Goal sepertinya memang sangat pantas disematkan untuk tim Catalan ini. Dan julukan The Machine Goal from Nou Camp layak disandang Eto’o. Betapa tidak, Eto’o mencetak empat gol fenomenalnya itu hanya dalam tempo 32 menit! Menjadikan dirinya sebagai pemain pertama Barca yang mencetak quattrick gol dalam waktu sesingkat itu. D u a gol lainnya disumbangkan Eidur Gudjohnsen dan Thierry Henry. “Kemenangan merupakan

hal yang lebih penting dibandingkan berapa gol yang kami cetak. Kami bermain sangat hebat malam ini,” kata Eto’o merendah seperti dikutip dari AP, Minggu (9/11). “Valladolid merupakan lawan yang berat. Tapi kami melakukanya dengan sempurna. Soal empat gol, saya akan merayakannya di rumah,” kata Eto’o yang menyebut semua berasal dari kerja keras rekan setimnya. Raihan empat gol ini langsung membawa Eto’o melesat ke puncak daftar El Pichichi alias top scorer sementara La Liga dengan torehan 13 gol dari 10 laga. Unggul tiga gol dari pesaing terdekatnya, striker Valencia David Villa. Presiden Barca, Joan Laporta, pun tak kuasa menahan pujian kepada penyerang yang dibeli dari Real Mallorca empat musim lalu itu. Ia menyebut Eto’o sebagai sumber kebahagiaan bagi tim dan fans. “Ini catatan sejarah baru ketika seorang pemain mencatat empat gol dalam satu pertandingan dan itu sangat berarti bagi tim dan fan. Kami harus mengingat bahwa Eto’o luar biasa dan bisa memberikan kami kebahagiaan,” jelasnya dikutip Goal, Minggu (9/11).

VS

AP PHOTO/MANU FERNANDEZ

0 - VALLADOLID

Pencapaian striker berusia 27 tahun itu bukan hal baru di Barca. Sejak datang di musim 2004/2005 ia langsung tokcer dengan gol-golnya. Ia mencatat 24 gol di musim perdana lalu menjadi El Pichichi di musim berikutnya dengan koleksi 26 gol. Prestasi lain Eto’o adalah hat-trick pertamanya saat melawan Levante pada 24 Februari 2008. Lalu menjadi striker tersubur ketiga Barca saat mengemas 70 gol dalam 100 laga pada 16 Maret 2008, menyusul Mariano Martín (90 gol) dan Ladislao Kubala (84). Ia juga mencatat rekor saat mencetak hat-trick tercepat dalam tempo 23 menit ketika melawan Almeria pada 25 Oktober lalu. Yang pasti, berkat sumbangsih empat gol Eto’o, Barca kini berada di posisi teratas klasemen La Liga dengan perolehan 25 poin

dari 10 kali bertanding. Unggul dua poin dari Real Madrid yang sebelumnya menang 4-3 atas Malaga. Tampil Agresif Setelah hasil kurang memuaskan saat ditahan 1-1 oleh FC Basel di Liga Champions, Barcelona langsung tampil sangat agresif saat melawan Real Valladolid. Mereka pun tampak akan menang besar lagi karena mampu unggul cepat di menit ke-12. Eto’o sudah membuka skor 1-0 dengan aksi teknik tinggi. Mendapat umpan dari Daniel Alves, pemain asal Kamerun ini melewati tiga pemain belakang dengan sebuah tipuan sebelum menceploskan bola ke gawang Sergio Asenjo. Eto’o menggandakan keunggulan di menit 30 melalui serangan balik. Meneruskan umpan panjang kepada Henry, tapi dikembalikan lagi kepadanya dan diakhiri Eto’o dengan tendangan voli. Hattrick pun tercipta di menit 42. Kerja sama dengan Lionel Messi,

Eto’o mengecoh barisan belakang Valladolid. Asenjo yang kalah cepat merebut bola harus kembali memungut bola dari gawangnya sendiri melalui tembakan menyusur tanah. Tak lama berselang, kembali Eto’o mencatatkan namanya di papan skor stadion. Lagi-lagi kerja sama mematikan dengan Messi tidak bisa dibaca lini belakang tim tamu. Gawang Valladolid pun bergetar untuk keempat kalinya di 45 menit babak pertama ini. Pada babak kedua, Barca tidak mengendurkan serangan. Gudjohnsen menambah keunggulan menjadi 5-0 di menit 71 setelah menerima umpan Eto’o memanfaatkan kesalahan kiper Asenjo. Enam menit menjelang bubaran, Henry menutup laga ini dengan gol yang menggenapkan skor menjadi 60. Umpan satu-dua sentuhan antara Messi, Hleb, dan Henry kembali menghancurkan pertahanan lemah Valladolid. Skor ini tidak berubah hingga laga berakhir. Barca pun berpesta. (Persda Network/rif)

data fakta „

„ „ „ „

Gol-gol: 1-0 Eto’o (12'), 2-0 Eto’o (30'), 3-0 Eto’o (42'), 4-0 Eto’o (44'), 5-0 Gudjohnsen (71'), 6-0 Henry (83') Kar tu kkuning: uning: Toure, Canobbio artu Stadion: Camp Nou, Barcelona Penont on: 58.276 orang (98.772) enonton: Wasit: Fernando Teixeira

susunana pemain BARCELONA (4-3-3) (4-3-3): 1 Valdes - 20 Alves, 4 Marquez (2 Caceres 68), 3 Pique, 5 Puyol - 6 Xavi, 24 Toure, 7 Gudjohnsen (15 Keita 72) - 10 Messi, 9 Eto’o (21 Hleb 75), 14 Henry. Cadangan: 13 Pinto, 16 Sylvinho, 28 Busquets. Absen: 22 Abidal, 8 Iniesta (cedera). Manajer: Josep Guardiola VALLADOLID (4-5-1): 1 Asenjo - 16 Pedro Lopez, 5 Garcio Calvo, 11 Nano, 3 Marcos - 23 Medunjanin (20 Cannobio 45), 18 Alvaro Rubio, 12 Pedro Leon (22 Aguirre 45), 19 Sesma, 14 Vivar Dorado - 9 Goitom. Cadangan: 13 Villar, 7 Ogbeche, 8 Baraja,

ulasan guardiola

21 Víctor, Manajer: José Luis Mendilibar

statistik pertandingan BARCA 57 % 22 13 1 9 9 5 1 0

VALLADOLID Penguasaan Tendangan

42% 3

Tend tterarah erarah Penyelamatan

2

Tend sudut Pelanggaran

5

Offside Kartu kuning Kartu merah

6 8 1 1 0

396

Tackling Umpan akurat

267

55

Umpan buruk

58

30

22

Ingin Menyimpan Bola ”Bersejarah” di Rumahnya

AP PHOTO

Makin fantastis DI babak pertama, kami melakukan banyak counter-attack dan kami memanfaatkan hal itu dengan lebih pandai karena pemain kami tenang. Ini bukan hal normal saat mencetak enam gol dalam sebuah pertandingan dan saya yakin kami memang telah meningkat. Sebagai contoh saat kami memulai babak kedua, tidak begitu bagus. Di situ masih terlihat kami butuh lebih banyak bekerja untuk menjadi tim yang sempurna. Apalagi kami masih belum memenangi gelar. Saya sangat senang dengan Lionel Messi dan Samuel Eto’o, dua pemain yang menjadi arsitek kemenangan kami. Messi adalah pemain luar biasa, dia hebat untuk pelatihnya. Eto’o makin fantastis musim ini. Melawan Málaga dia tak mampu mencetak gol tapi dia membantu kami. Per formanya menawan dan saya yakin dia (rif) memang butuh rekannya.(rif) *) Josep Guardiola, Manajer Barcelona seperti dikutip dari Goal

ulasan mendilibar QUATTRICK - Samuel Eto’o (kanan) mencetak gol kedua memerdayai Kiper Valladolid, Sergio Asenjo (kanan), sedang bek Pedro Lopez hanya bisa terpaku. BET AP A girangnya Samuel Eto’o BETAP APA sukses mengemas empat gol untuk Barcelona. Karenanya, jika diizinkan, ia akan membawa bola di pertandingan melawan Real Valladolid itu ke rumahnya, sebagai sebuah tanda mata yang indah. “Saya ingin membawa bola itu ke rumah. Sebagai sebuah kenangan tersendiri. Saya memang pernah mencetak empat gol sebelumnya, tapi saya lupa di mana, dan kapan,” ujarnya dikutip dari Goal. Toh, ia tak lantas memandang sebelah mata terhadap lawannya yang dicukur 6-0 tanpa balas. “Dari seluruh tim yang pernah bertandang ke Nou Camp, saya pikir Valladolid adalah tim yang paling berani. Mereka datang tanpa rasa takut, dan berani menyerang,” pujinya. Lepas dari aksi spektakuler Eto’o, Barcelona memang tampil menggila. Hal itu sekaligus menepis kekhawatiran setelah gelandang Andres Iniesta mengalami cedera saat bertemu FC Basel pada laga midweek di Liga Champions. Klub

Catalan tersebut disebut-sebut akan menemui kesulitan dengan absennya pemain muda berbakat itu. Namun, tidak demikian dengan fakta di lapangan. Keraguan Barca bakal mandul atau kesulitan mencetak gol tidak terbukti. Bahkan hasilnya sungguh fantastis karena mereka mencetak setengah lusin gol ke gawang Real Valladolid, Minggu (9/11) dini hari. “Jika banyak orang berpikir kami akan kesulitan tanpa Iniesta, itu salah. Karena kami memiliki banyak pemain yang bisa menggantikan perannya,” kata pelatih Pep Guardiola. “Memang kami sempat khawatir, tapi di lapangan membuktikannya lain.” Dengan penampilan Barca yang tetap mengkilap, kiranya kehilangan Iniesta yang diperkirakan bakal absen selama lebih dari dua bulan tak akan memberi pengaruh besar. Pemain lain seperti Thierry Henry, Alexander Hleb, atau Eidur Gudjohnsen bisa menggantikan (Persda Network/rif) perannya.(Persda

NET

Barca Terbaik HASIL akhir yang tidak kami harapkan. Kami di laga ini berusaha memberikan yang terbaik, meskipun kami tahu melawan tim terbaik di liga dan mungkin di Eropa. Mereka (Barcelona) luar bisa dengan ritme yang ditampilkannya. Kami membuat terlalu banyak kesalahan dan kehilangan bola hingga terjadinya counter attack. Kami juga membuat kesalahan di gol ketiga dan keempat. Tapi itulah kenyataannya dan kami tak bisa berkata banyak. Kami harus meningkatkan diri 100 persen sebelum melawan Real Madrid pekan (rif) depan.(rif) *) José Luis Mendilibar Mendilibar,, Manajer Valladolid seperti dikutip dari Goal

c m y k


soccer hot news LIGA INGGRIS HASIL MINGGU (9/11) Liverpool 3-0 West Bromwich (Keane 34', 43', Arbeloa 90') HASIL SABTU (8/11) Hull City 0-1 Bolton Wanderers (Taylor 50') Sunderland 1-2 Portsmouth (Cissé 4'; Belhadj 51', Defoe 90'-pen) West Ham 1-3 Everton (Collison 62'; Lescott 83', Saha 85', 88') Arsenal 2-1 Man United (Nasri 23', 48'; Da Silva 89') Wigan Athletic 0-0 Stoke City KLASEMEN SEMENTARA 1 Liverpool 12 9 2 1 19-8 29 2 Chelsea 11 8 2 1 27-4 26 3 Arsenal 12 7 2 3 25-13 23 4 Man United 11 6 3 2 20-10 21 5 Aston Villa 11 6 2 3 19-14 20 6 Hull City 12 6 2 4 17-19 20 7 Everton 12 5 3 4 18-20 18 8 Portsmouth 12 5 2 5 13-18 17 9 Bolton W 12 4 2 6 11-13 14 10 M’brough 11 4 2 5 11-16 14 11 Stoke 12 4 2 6 13-19 14 12 Man City 11 4 1 6 23-18 13 13 West Ham 12 4 1 7 16-22 13 14 Blackburn 11 3 4 4 13-20 13 15 Wigan At 12 3 3 6 13-16 12 16 Newcastle 11 3 3 5 14-18 12 17 Sunderlnd 12 3 3 6 10-18 12 18 Fulham 10 3 2 5 8-9 11 19 WestBrom 12 3 2 7 10-21 11 20 Tottenham 11 2 3 6 13-17 9 TOP SCORER 8-gol: Amr Zaki (Wigan Athletic), Nicolas Anelka (Chelsea) 7-gol: Jermain Defoe (Portsmouth) 6-gol: Gabriel Agbonlahor (Aston Villa), Robinho (Manchester City)

LIGA SPANYOL HASIL MINGGU (9/11) Barcelona 6-0 Valladolid (Eto’o 12', 30', 42', 44', Gudjohnsen 71', Henry 83') Real Madrid 4-3 Málaga (Higuaín 7', 36'pen, 70', 77'; Eliseu Pereira 5', Baha 17', Apoño 69') KLASEMEN SEMENTARA 1 Barcelona 10 8 1 1 34-8 25 2 R Madrid 10 7 2 1 28-16 23 3 Villarreal 9 6 3 0 17-8 21 4 Valencia 9 6 2 1 20-9 20 5 Sevilla 9 5 2 2 15-8 17 6 At Madrid 9 4 1 4 19-16 13

7 Malaga 10 4 1 5 13-17 13 8 Getafe 9 3 3 3 9-9 12 9 Deportivo 9 3 3 3 8-9 12 10 Espanyol 9 3 3 3 7-10 12 11 Almeria 9 3 3 3 10-14 12 12 Sp Gijon 9 4 0 5 16-22 12 13 Mallorca 9 3 2 4 8-12 11 14 Valladolid 10 3 1 6 9-17 10 15 Santander 9 2 3 4 9-12 9 16 Recreativo 9 2 3 4 5-13 9 17 Real Betis 9 2 2 5 9-11 8 18 Numancia 9 2 1 6 8-17 7 19 At Bilbao 9 1 2 6 7-17 5 20 Osasuna 9 0 4 5 3-9 4 TOP SCORER 13-gol: Samuel Eto’o (Barcelona) 10-gol: David Villa (Valencia) 9-gol: Gonzalo Higuain (Real Madrid) 6-gol: Lionel Messi (Barcelona), Mate Bilic (Sporting Gijon)

LIGA ITALIA HASIL MINGGU (9/11) Bologna 1-1 Roma (Cicinho 90'-og; Totti 68') Torino 1-0 Palermo (Saumel 89) KLASEMEN SEMENTARA 1 AC Milan 10 7 1 2 15 - 7 22 2 Udinese 10 6 3 1 19 - 8 21 3 Inter 10 6 3 1 16 - 7 21 4 Napoli 10 6 3 1 14 - 7 21 5 Lazio 10 6 1 3 18 - 12 19 6 Juventus 10 5 3 2 11 - 7 18 7 Genoa 10 5 2 3 14 - 10 17 8 Fiorentina 10 5 2 3 12 - 8 17 9 Palermo 11 5 1 5 15 - 15 16 10 Catania 10 4 3 3 9 - 8 15 11 Atalanta 10 4 2 4 9 - 9 14 12 Siena 10 3 3 4 8 - 8 12 13 Lecce 10 2 5 3 9 - 11 11 14 Torino 11 3 2 6 10 - 14 11 15 Cagliari 10 3 1 6 10 - 13 10 16 Sampdoria 9 2 4 3 7 - 11 10 17 AS Roma 10 2 2 6 10 - 18 8 18 Chievo 10 1 4 5 6 - 15 7 19 Bologna 11 2 1 8 9 - 20 7 20 Reggina 10 1 2 7 8 - 19 5 TOP SCORER 7-gol: Alberto Gilardino (Fiorentina) 6-gol: Mauro Matias Zarate (Lazio), Goran Pandev (Lazio), Diego Milito (Genoa), Fabrizio Miccoli (Palermo).

LIGA JERMAN HASIL SABTU (8/11) Hamburg 2-1 Dortmund (Petric

9', Olic 33'; Hajnal 48') Wolfsburg 3-0 Cottbus (Grafite 35'-pen, 54', 79') Karlsruhe 3-3 Leverkusen (Da Silva 37', Sebastian 60', Iashvili 77'; Helmes 1', Kießling 17', Kadlec 24') Bochum 0-0 Bremen Bielefeld 0-2 M’gladbach (Marin 6', 81') KLASEMEN SEMENTARA 1 Hoffenheim 11 8 1 2 31-16 25 2 Leverkusen 11 8 0 3 26-11 24 3 Munchen 11 6 3 2 25-17 21 4 Schalke 04 11 5 5 1 17-9 20 5 Hamburg 11 6 2 3 17-18 20 6 Dortmund 11 4 6 1 19-16 18 7 H Berlin 11 5 3 3 15-15 18 8 Bremen 11 4 4 3 28-23 16 9 Stuttgart 11 5 1 5 16-15 16 10 FC Koln 11 5 1 5 11-13 16 11 Wolfsburg 11 4 3 4 22-18 15 12 Frankfurt 11 3 3 5 13-16 14 13 Hannover 11 3 3 5 13-20 12 14 Karlsruhe 11 3 0 8 10-20 9 15 Bochum 11 1 5 5 14-19 8 16 Bielefeld 11 1 5 5 12-20 8 17 Gladbach 11 2 1 8 10-22 7 18 E Cottbus 11 1 3 7 6-17 6 TOP SCORER 13-gol: Vedad Ibisevic (TSG Hoffenheim) 8-gol: Artur Wichniarek (Arminia Bielefeld), Patrick Helmes (Bayer Leverkusen).

LIGA PRANCIS KLASEMEN SEMENTARA 1 Lyon 13 9 3 1 19-8 30 2 Marseille 13 7 5 1 27-15 26 3 Bordeaux 13 7 3 3 20-11 24 4 Nice 13 6 4 3 17-13 22 5 Toulouse 13 6 4 3 11-10 22 6 Lille 12 5 5 2 17-13 20 7 Rennes 12 4 7 1 14-9 19 8 Grenoble 13 5 4 4 11-12 19 9 Le Mans 13 5 3 5 19-17 18 10 Caen 13 4 5 4 18-14 17 11 Paris-SG 12 5 2 5 12-11 17 12 Monaco 13 4 4 5 12-13 16 12 Auxerre 13 4 4 5 12-13 16 14 Lorient 13 3 4 6 15-17 13 15 Nancy 12 2 6 4 9-13 12 16 Nantes 13 3 3 7 9-20 12 17 Le Havre 13 3 2 8 11-21 11 18 St-Etienne 12 3 1 8 8-17 10 19 Sochaux 13 1 6 6 12-18 9 20 Valencins 12 2 3 7 8-16 9 RIF/DEN

REAL MADRID - 4

Banjarmasin Post

SENIN 10 NOVEMBER 2008

VS

7

3 - MALAGA

Quattrick Higuain

AP PHOTO/NET

4 GOL 4 GAYA - Empat gaya selebrasi yang berbeda dari Gonzalo Higuain saat memborong empat gol ke gawang Malaga di Santiago Bernabeu. Real Madrid unggul 4-3. MENJALANI laga superkeras musim ini, Real Madrid mampu keluar dari tekanan tim tamu, Malaga. Dalam lanjutan La Liga jornada ke-10, di Stadion Santiago Bernabeu, Minggu (9/11) dinihari WIB, Raul Gonzales dkk dipaksa bekerja keras sebelum akhirnya mampu unggul 4-3. Aktor di balik kemenangan itu siapa lagi kalau bukan pemain yang terus meroket penampilannya musim ini, Gonzalo Higuain. Striker muda asal Argentina tersebut sukses mengemas seluruh gol kemenangan El Real di menit ke-8, 37, 72 dan 80, sekaligus menambah koleksi golnya menjadi 9 biji di musim ini. Sebuah pencapaian performa luar biasa bagi anak muda

yang digaet Los Blancos dari River Plate senilai 13 juta euro. “Aku sangat senang, tapi kami benar-benar harus bekerja ekstra keras, apalagi setelah Ramos di kartu merah, konsentrasi kami hanya bagaimana bisa menang, empat gol ini menjadi pembuktian kalau kami bisa menjadi tim yang makin solid,”ucap Higuain, di Sky Sports, Minggu (9/11). Melawan Malaga yang secara kualitas masih berada di bawah, Los Galacticos mendapat perlawanan alot dari Weligton dkk. Bagaikan tidak, partai ini menghasilkan tujuh kartu kuning, satu kartu merah dan tiga penalti. Kubu tuan rumah sempat terdiam kala dalam partai yang dipimpin wasit Eduardo Iturralde Gonzalez itu, tim tamu unggul terlebih dulu di

menit ke-6 lewat aksi individu Eliseu. Tidak sampai tiga menit, Higuain membayar kepercayaan diturunkan sebagai starter. Tanpa kesalahan ia melesakkan bola muntah hasil tendangan Guti yang dipatahkan kiper Malaga, Francesc Arnau. Madrid yang menaikkan tekanan kembali tertinggal di menit ke-18. Berawal dari aksi Duda di rusuk kiri, Nabil Baha memperdayai Iker Casillas. Perjuangan tuan rumah menemui ganjaran usai bintang malam itu, Higuain diganjal Weligton di kotak penalti. Ia sukses menembus jala Arnau untuk kedua kalinya. Malaga membalas kembali lewat penalti Apono setelah penterasi Duda dihentikan Gago di dalam kotak

terlarang. Tapi keunggulan itu hanya bertahan satu menit. Higuain sukses mencetak hattrick melalui tendangan menyusur tanah menundukkan Arnau untuk ketiga kalinya. Gol penentu kemenangan datang di menit ke-78 melalui titik putih. Higuaindijatuhkan di kotak penalti. Dan ia sukses mencetak gol keempatnya lewati titik penalti. (Persda Network/bud)

susunan pemain REAL MADRID: Casillas, Heinze (kk), Cannavaro, Marcelo, Ramos (km); Gago (kk), Sneijder (Salgado 45), Guti, Drenthe (Saviola 73), Van der Vaart; Higuaín (kk). MALAGA: Arnau, Weligton (kk), H Rosário, Calleja (kk), Jesus Gamez; Angel, Apono (kk), Eliseu (Nacho 63), Duda (kk); Adrián, Nabil Baha.


8

ashion F Kelana Apo Kayan Didi Budiardjo

Banjarmasin Post

SENIN 10 NOVEMBER 2008

KEKAYAAN alam Indonesia menjadi sumber inspirasi yang tak pernah habis buat Didi Budiardjo. Saat menjadi pengisi acara peragaan busana megenang almarhum penyanyi Chrisye di Jakarta baru-baru ini, desainer senior ini kembali menampilkan aneka gaun yang hampir seluruh inspirasinya diambil dari alam Indonesia. Didi menumpahkan imajinasinya ke dalam aneka gaun dengan bentuk dan corak yang tak biasa. Dalam acara ini Didi kembali mengangkat elemen batik, tenun sumba dan ikat yang telah direka ulang dan disesuaikan dengan tren internasional. Dia mencoba memecah perhatian dengan detail manik-manik Kalimantan yang menghembuskan kemewahan dalam setiap desainnya.

Karya Didi kali ini juga banyak memgambil tema kekayaan budaya Kalimantan pedalaman. Hasilnya, berupa kain bermotif ikat tenun tangan, aplikasi manik-manik dari seni karya Kalimantan yang menampilkan kemewahan. “Warna busana yang saya tampilkan kali ini bersifat tropikal seperti merah, kuning, biru, yang dikombinasikan palet metalik,” kata Didi. Didi yang baru pertama kalinya menggarap budaya Kalimantan ini mengaku, koleksinya yang ditampilkan kali ini cenderung berkarakter futuristik dengan deskripsi sedikit bervolume, bertekstur keras, serta dominan melalui bahan lame matelasse. “Kreasi ini juga memperlihatkan ciri sosial berupa sifat masyarakat pinggiran yang mengadaptasi

budaya pop serta industri pop,” jelasnya. karya Didi patut diacungi jempol. Paling tidak dia mencoba mengulas kekayaan heritage Indonesia yang terinspirasi dari budaya Dayak dan Borneo. Didi juga memberikan inovasi unik pada koleksi ini dengan helmhelm yang terbuat dari peniti dan memberi nafas futuristik. helm ini mengandung makna “Melindungi’ diri dari gempuran budaya luar yang kian ganas menerabas. Ada inovasi cara pandang baru dari seorang Didi Budiardjo yang dianggap tidak jamak, namun ia adalah satu dari segelintir desainer yang secara subyektif mampu memberikan ide dan warna tersendiri bagi perkembangan dunia fashion Indonesia. (Persda Network/yon)

Paduan Manik-manik BOLEH dibilang, rancangan Didi Budiarjo yang ditampilkan pada acara mengenang almarhum Chrisye ini sangat unik. Didi banyak mengeksplorasi budaya suku Dayak di pedalaman Kalimantan. Didi memadukan gaun-gaun mewahnya dengan helm-helm yang terbuat dari peniti. Helm tersebut sebenarnya juga bermakna melindungi diri dari gempuran budaya luar. “Helm-helm ini mengandung makna melindungi diri sendiri dari gempuran budaya luar yang kian ganas menerabas. Melalui media ini sebenarnya saya ingin menyadarkan teman-teman desainer dan masyarakat Indonesia agar lebih mencin-

tai budaya kita sendiri. Keanekaragaman budaya kita sungguh unik dan bagi saya tetap paling istimewa,” ungkap Didi. Tentang tema karyanya yang sebagian bernuansakan kekayaan budaya masyarakat Dayak, Didi menyatakan itu sebagai ekspresi keragaman budaya Indonesia. Didi menuangkan ekspresinya dalam bahan-bahan yang terbuat dari batik, tenun Sumba, dan tenun ikat, yang dia rekonstruksi dengan desain yang menyesuaikan tren pemakai. Untuk karyanya ini Didi juga banyak menggunakan detail manik-manik khas (fin) pedalaman Kalimantan.(fin)

FOTO-FOTO: ISTIMEWA

Jual & Beli

RIYAL & DOLLAR Hubungi :

ARTA Money Changer Lobby Hotel Istana Barito

3356055 ; 6205000 Menerima Penukaran Uang Asing YUAN, RINGGIT, EUR, YEN, DLL

c m y k


Rudi Soedjarwo

ife igital D L

kan pita film standar, film dalam format digital menggunakan media seperti kaset video VHS yang memakai kamera canggih berformat mini DV, DVD, atau memory card. Meski demikian, Rudi menyebutkan kalau pembuatan film dengan format digital juga bisa menyebabkan bengkaknya biaya produksi. Hal itu bisa terjadi apabila proses produksi memakai kamera yang juga digital. “Soalnya ada lho kamera canggih yang biaya sewa per harinya saja mencapai Rp 10 juta,” tuturnya. Rudi pertama kali membuat film dengan perangkat digital, termasuk kameranya, pada 1998. Biaya produksi filmnya berkisar Rp 2-5 miliar. Sayang, sutradara

SENIN 10 NOVEMBER 2008

9

Suka Duka Membudayakan Film Digital

Korban Duit Demi Film Digital SEMANGAT Rudi Soedjarwo dalam berkarya memang patut diacungi jempol. Di kala film dengan format digital belum bisa secara umum diputar di bioskop tanah air, Sutradara Terbaik Festival Film Indonesia (FFI) 2004 ini berani merogoh koceknya dalam-dalam untuk memajukan dunia film digital. Uang pribadi digunakan Rudi agar salah satu film besutannya bisa diputar di bioskop-bioskop di Indonesia. Rudi mengatakan, pengorbanan dilakukan pada saat dia selesai menggarap film berjudul Tragedi di tahun 2001. Waktu itu, dunia film Indonesia masih jauh dari sentuhan film format digital. “Karena pengen diputar di bioskop akhirnya saya keluarin biaya sendiri untuk penambahan alat di bioskopnya,” ungkap Rudi. Menurutnya, pembuatan film dengan format digital itu sebenarnya justru bisa mengurangi biaya produksi. Pengurangan terutama terasa pada media yang digunakan untuk merekam film. Jika biasanya adeganadegan film direkam dalam pita seluloid, yang merupa-

Banjarmasin Post

film Ada Apa Dengan Cinta itu tidak menyebutkan film yang dimaksudnya. Apakah film digital pasti meraup keuntungan karena bisa memangkas biaya produksi? Entahlah. Yang jelas, Rudi menyebutkan harus ada faktor mendukung lain. Salah satunya adalah teknik promosi. Pasalnya tidak dapat dipungkiri kalau penghasilan dari film tidak terlepas dari jumlah penonton yang membeli tiket ketika film tersebut ditayangkan di bioskop. “Jadi tidak semata-mata bisa memangkas biaya agar sebuah film digital bisa meraup keuntungan besar. Saya juga pernah tekor dari sisi biaya produksi,” tegas Rudi. (Persda Network/mun)

Bioskop21 Sempat Menolak Memutar KEMUNCULAN film dalam format digital seakan menjadi kebangkitan perfilman Indonesia. Biaya produksi yang tidak begitu besar membuat para sineas berlombalomba menuangkan kreatifitas. Sayangnya, di awal kehadiran format film ini di Indonesia, bioskop-bioskop tanah air belum mampu mendukung pemutarannya. Film format digital biasanya dibuat dalam media seperti kaset video VHS yang memakai kamera canggih berformat mini DV, DVD, atau memory card. Media rekam ini tidak hanya memangkas biaya produksi tapi juga membuatnya lebih mudah dalam hal pengeditan. Jika menggunakan pita seluloid, yang menjadi pita film standar, proses edit bisa membutuhkan waktu lama dan juga memiliki kompleksitas yang cukup tinggi. Berbicara soal biaya produksi, Madiyan, seorang produser yang akrab disapa Cakil, mengaku bisa memangkas biaya hingga setengah dari biasanya. Jika sebuah film yang menggunakan pita seluloid diproduksi dengan biaya yang mencapai Rp 4 miliar, film dalam format digital bisa dibuat hanya dengan biaya dalam kisaran Rp 2 miliar. Hasil dari film format digital juga disebut

Cakil lebih baik dari pita seluloid. Hal senada diungkapkan Adi Sumarjono, pendiri Investasi Film Indonesia (IFI), terkait efisiensi film format digital. Adi menuturkan membuat film dengan menggunakan format digital bisa menyisihkan beberapa tahap pengerjaan, yang antara lain proses negatif film cutting. Selain itu, Adi juga setuju kalau film format digital jelas-jelas menghemat biaya produksi. Dia mengatakan satu rol pita film seluloid berukuran 16 mm (16 frame per detik) dibeli dengan harga berkisar Rp 2 juta. Satu buah rol pita film ini menghabiskan waktu 10 menit. Untuk sebuah adegan membutuhkan beberapa rol film karena pengambilan gambar tak selalu bisa dilakukan hanya dengan sekali take. “Proses seperti itu jelas membuat biaya pembuatan film jadi lebih mahal dibandingkan jika menggunakan video kaset atau VCD yang harga per kepingnya juga relatif jauh lebih murah. Pada format digital juga dapat menyimpan lebih banyak audio visual,” tutur Adi. Di samping itu, program komputer dapat digunakan untuk menciptakan berbagai efek yang lebih bervariasi dalam pengambi-

lan gambar dan menghasilkan visual yang lebih baik. Intinya, performa film jadi lebih detail dan mengasyikan sebagai sebuah tontonan. Untuk pemutaran film format digital di bioskop, jaringan bioskop 21Cineplex sempat melakukan penolakan. Pasalnya, film format digital membutuhkan kerja ekstra untuk dapat diputar di bioskop. Di tahun 2004, pihak 21Cineplex menyebutkan agar film-film tersebut bisa diputar dengan nyaman, selama film format digital tayang, proyektor seluloid milik Studio 21 dan perlengkapannya terpaksa disingkirkan dulu. “Setelah film habis masa tayang, kami terpaksa mengeset ulang semua alat agar pas kembali,” kata Tony Arief yang saat itu menjabat sebagai Direktur Promosi dan Marketing 21Cineplex. Namun, kini 21Cineplex telah mengakomodasi pemutaran film format digital. Sebut saja film Garagara Bola yang diproduseri Nia Dinata. Film dalam format digital itu saat ini tengah beredar di jaringan bioskop 21Cineplex. Belum lagi kemunculan Blixmegaplex yang langsung mengakomodir pemutara film format digital. (Persda Network/mun/*)

FOTO- FOTO: ISTIMEWA

c m y k


10

Banjarmasin Post SENIN 10 NOVEMBER 2008

sport hot news

Belum Putuskan Mundur „ Calzaghe Kalahkan Roy Jones Jr JOE Calzaghe terbukti sebagai juara sejati. Petinju Wales berusia 36 tahun ini memastikan kemenangan ke46 dari 46 laga yang telah dilakoni sepanjang karirnya. Minggu (9/11) WIB, ia menang telak atas Roy Jones Jr. dari Amerika dalam pertandingan 12 ronde di kelas berat ringan pada perebutan anugerah majalah Ring. Bertarung di tempat legendaris Madison Square Garden, New York, Calzaghe sempat terjatuh di ronde pertama hasil kombinasi pukulan Jones. Namun ia berhasil bangkit dan mendominasi atas lawan yang sudah menjadi juara dunia sebanyak delapan kali itu. Calzaghe mendapat poin 118-109 dari tiga juri di pertandingan tersebut. “Saya suka gayanya, senang pertarungannya. Tapi saya tahu saya bisa mengatasi kecepatan dan kombinasinya,” ucap Calzaghe dilansir AP. Petinju yang terakhir kali mengalahkan Bernard Hopkins, 19 April lalu, merupakan juara super middleweight lebih dari satu dekade. Mengenai pukulan Jones yang membuatnya terjatuh di awal, ia mengakui kalau itu pukulan yang bagus. “Tapi saya kembali lebih kuat,” tegasnya. “Sebuah kehormatan bisa berada satu ring dengan Roy Jones, seorang petarung dan menyebabkan saya mendapat banyak masalah,” jelasnya. Jelang pertarungan, Calzaghe pernah berucap

Siap Bersaing Kovalainen Ingin Keluar dari Bayangbayang Hamilton

AP PHOTO/ED BETZ

BERDARAH- Sebuah pukulan jab Joe Calzaghe bersarang telak di wajah Roy Jones Jr dalam pertarungan di Madison Square Garden, New York (9/11). Calzaghe menang angka. akan menarik diri dari dunia tinju kalau memenangkan laga. Namun yang terjadi kemudian, ia menolak mengumumkan mundur atau tetap lanjut.”Itu bisa menjadi pertarungan terakhir saya, saya belum membuat keputusan final. Saya akan pulang, berpikir dan mengevaluasi situasi,” ucapnya. Sementara Jones, yang berkoar telah siap dan dalam kondisi terbaik, harus mengakui keunggulan lawan. Dukungan dari penonton yang berteriak ‘USA, USA’ tak membuatnya memenangi laga. Bahkan motivasi kemenangan “Pertarungan lebih keras dari yang saya pikir. Saya tak tahu, saya tak tahu. Dia memenangkan pertarungan. Dia pasti memenangkan laga ini,” jelas Jones pasrah. Kekalahan ini menjadi yang kelima dari 57 laga yang telah dilakukannya.

Pertarungan sudah berjalan alot sejak bel ronde pertama berbunyi. Jones menggebrak, dan seolah akan jadi pemenang. Dia berhasil memukul jatuh Calzaghe. Beruntung Calzaghe bisa lolos dari hitungan wasit. Setelah menjadi bulanbulanan petinju tuan rumah, Calzaghe akhirnya bangkit di ronde kelima. Kengototan Calzaghe membuahkan hasil ketika pukulan kerasnya merobek pelipis kiri Jones hingga mengucurkan darah parah di ronde ketujuh. Jones yang panas, ganti menghancurkan wajah Calzaghe. Tapi Jones yang sudah terluka lebih dulu justru nyaris bisa dipukul KO Calzaghe. Dengan luka yang menganga seperti itu, Jones tak mampu lagi mempertahankan irama pertarungannya.(Persda Network/rie)

PEMBALAP McLaren, Heikki Kovalainen memiliki ambisi besar musim depan. Ia siap bangkit untuk menyaingi rekan setimnya yang menjadi juara dunia di lintasan F1 musim 2008, Lewis Hamilton. Tahun pertama bersama Silver Arrow, pembalap Finlandia ini hanya finis di posisi tujuh klasemen akhir. Mendapat sedikit kekecewaan, ia berjanji akan tampil lebih impresif musim depan. Musim 2008, ia hanya mengumpulkan 53 poin, terpaut 45 poin dari Hamilton yang mencatatkan diri sebagai pembalap termuda dan berkulit hitam pertama yang memenangkan balapan jet darat. Walaupun memenangi GP Hungaria, Kovalainen merasa hal itu masih jauh dari kata ideal. Dia menyatakan sudah tahu apa yang harus dilakukan untuk lebih bersaing musim 2009. “Saya tak senang dengan hasil yang kami dapat. Saya merasa tak melakukan banyak kesalahan

AP PHOTO/DANIEL MAURER

JADI PENONTON - Heikki Kovalainen (kanan) menyaksikan rekannya, Lewis Hamilton beraksi menggebuk drum saat acara “Stars and Cars” di Mercedes Museum, Stuttgart, Jerman, kemarin. besar, tapi musim ini memang sangat sulit,” ucap pembalap yang musim 2007 lalu memperkuat Renault ini dilansir autosport. “Kami tak bisa finis di semua balapan. Di sana juga banyak hal terjadi dengan saya dan dengan masalah teknis mobil saya. Itu yang mencegah kami dari beberapa hasil (bagus). Tapi saya pikir saya telah melakukan persiapan lebih baik sekarang. Untuk tahun depan dan saya tak sabar memulai kerja.

Harapannya, kami bisa menyelesaikan lebih banyak balapan, tanpa banyak masalah dan mendapat hasil lebih baik,” jelasnya panjang lebar. Barangkali musim 2009 akan menjadi ajang pembuktian pembalap 27 tahun ini kalau tak mau kehilangan tempatnya. Dan potensi untuk terdongkel dari kursi McLaren bisa saja terjadi jika ia mengulangi kinerjanya musim 2008, dimana Kovalainen terpaut sangat

jauh dari rekannya tersebut. Bahkan, sudah santer tersiar kabar bahwa kubu McLaren sebenarnya membidik pembalap BMW Sauber, Robert Kubica untuk menggantikan posisi Kovalainen musim depan. Hanya saja, kubu BMW sudah terlebih dulu mengikat pembalap Polandia yang memang sedang naik daun itu. Saat ditanya apakah ia siap bertarung dengan rekannya untuk menjadi juara dunia musim, dengan sigap Kovalainen menyanggupinya. “Ya, saya pikir begitu. Jika Anda melihat sesi kualifikasi tahun ini, jika Anda mengukur kecepatan, itu sungguh positif. Untuk menjawab pertanyaan Anda, saya pikir saya bisa melakukan yang lebih baik musim depan.” Mengenai persoalan kalau Hamilton akan menjadi pembalap utama di tim karena ia menjadi juara dunia, Kovalaien tak terlalu mempersoalkan. Ia merasa antara dia dengan Hamilton tetap akan mendapat kesempatan yang sama. Di pihak lain, Hamilton sendiri tak merasa bahwa kemenangan akan membuatnya lupa daratan. “Saya hanya sangat bangga dengan capaian yang kami dapat. Saya memenangi banyak gelar dalam karir saya dan perasaannya hampir sama. Terasa menyenangkan bisa mendapat kesuksesan, puas. Anda bekerja sepanjang tahun untuk momen itu,” jelas pembalap Inggris ini. (Persda Network/rie)


sporten

Banjarmasin Post

SENIN

10 NOVEMBER 2008 / 12 ZULKAIDAH 1429 H

11

Rifat Menyodok ke Urutan Lima PERELI Rifat Sungkar kembali bikin prestasi. Bersama navigator Bill Hayes dari tim Subaru Motor Image menempati posisi kelima hari pertama Reli China, Sabtu (8/11).

Seandainya kami tidak mengalami kecelakaan dan mendapat penalti waktu, kami mungkin menutup hari pertama lomba di posisi tiga besar RIFAT SUNGKAR

Posisi puncak untuk sementara dihuni pereli Jepang, Hiroshi Yanagisawa, sedangkan urutan kedua ditempati rekan satu tim Rifat, Cody Crocker. Balapan hari pertama berlangsung berat karena hujan deras mengguyur lokasi lomba. Lintasan gravel yang harus dilalui peserta menjadi sangat licin dan tidak mengizinkan secuil pun kesalahan dilakukan pereli. “Syukurlah kami tidak mengalami masalah sama sekali. Kami bisa menjalani setiap SS

KPL

(special stage) yang diperlombakan pada hari pertama dengan mulus,” ujar Rifat. Menurut dia, timnya terpaksa memodifikasi ban yang dipakainya karena mereka tidak membawa ban yang bagi situasi saat itu. Tujuannya agar ban lebih cocok dengan karakter lintasan yang sangat becek. “Modifikasi dilakukan setelah makan siang. Hasilnya, sungguh luar biasa. Catatan waktu kami langsung membaik dengan signifikan,” kata Rifat. Rifat memulai balapan da-

ri posisi start ke-37. Posisi start itu diraih Rifat karena saat melakoni Super Rally pada Jumat, dia gagal merampungkan lomba. Mobilnya keluar lintasan dan jatuh ke jurang sedalam 15 meter. Mobilnya berhasil diperbaiki dan dapat melakoni balapan dengan mulus. ”Seandainya kami tidak mengalami kecelakaan dan mendapat penalti waktu, kami mungkin menutup hari pertama lomba di posisi tiga besar,” kata Rifat. Rifat merupakan salah satu pereli berbakat Indonesia. Saat mengikuti Reli Malaysia, dia berada di urutan ketiga. Rekan satu timnya, Cody Crocker (Australia), tampil sebagai pemenang seri keenam Reli Asia Pasifik itu. Dalam laga yang berlangsung di atas trek tanah itu, Rifat mencetak total waktu tempuh 3 jam 5 menit 53 detik. Ia ketinggalan 6 menit 24 detik dari Crocker. Untuk kategori kejuaraan Pirelli, Rizal Sungkar, adik Rifat, menutup Reli Malaysia juga di urutan ketiga. Ia mengantongi koleksi poin 14. (kps)

BANJARMASIN POST/HERY MURDI HERMAWAN

PERSAHABATAN - Tim tenis Kejaksaan Tinggi Kalsel dan Pengda Pelti Kalsel berfoto bersama sebelum pertandingan persahabatan di lapangan Indoor Delta Abadi Sentosa, Minggu (9/11). Pertandingan itu sekaligus jadi kado perpisahan bagi pembina Pelti Kalsel, Sudung Situmorang.

Kado Terakhir untuk Sudung ASISTEN Intelejen (As Intel) Kejaksaan Tinggi Kalsel, Sudung Situmorang mendapat kado terakhir dari pengurus Persatuan Lawn Tenis (Pelti) Kalsel, Minggu (9/11). Sudung mendapat kesempatan bermain tenis melawan pengurus Pelti Kalsel. Sudung adalah salah seorang pembina Pelti Kalsel. Setelah beberapa tahun bertugas di Kalsel, Sudung mendapat promosi sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Medan, Sumatera Utara. Pertandingan persahabatan antara Kejaksaan Tinggi Kalsel dan pengurus Pelti Kalsel di-

gelar di lapangan Indoor Delta Abadi Sentosa Banjarmasin, Minggu (9/11). Sayang, tim dari Kejati kalah tipis 2-3. Pada partai pertama, Pelti Kalsel yang menurunkan pasangan ketua dan wakil ketuanya, H Teguh Djuwandie/ Tajuddin kalah dengan skor 5-6 dari pasangan Kajati dan As Intel, Salman Maryadi/ Sudung Situmorang. Namun, pada partai kedua, giliran Pelti Kalsel yang menang. Pasangan HG Rusdi Effendi AR (Ketua KONI Kalsel) dan Jarni menang dengan skor 6-3 atas pasangan Kajari Amuntai Darkani Hadi dan

Tailani. Sementara partai ketiga, Pelti Kalsel yang diwakili Wali kota Banjarmasin Yudhi Wahyuni/Gunawan harus mengakui kehebatan Kajari Banjarmasin Purwadi berpasangan dengan Bambang (Kasipidum Banjarbaru). Pleti Kalsel kalah dengan skor 3-6. Ketinggalan 1-2 membuat Pelti Kalsel bersemangat bermain di partai keempat. Kadis Kimprasko Banjarmasin Fajar Desira berpasangan dengan Sukhrowardi mengalahkan Kajari Martapura Zulkifli Hadi yang berpasangan dengan Kasidatun Tanjung

Irfan dengan skor 6-3. Terakhir pasangan Pelti Tajudin/Abdul Tasmin menang mudah atas Rahmat Haris (Kejari Tanjung) yang berpasangan Fik-Fix (Kasidatun Kandangan) dengan skor telak 6-0. Ketua Pelti Kalsel, H Teguh Djuwandie, mengatakan pertandingan tersebut bukan mencari kemenangan melainkan untuk menjalin persahabatan antar-insan olahraga. Sedangkan Sudung mengucapkan terima kasih atas sambutan pengurus Pelti dan KONI. “Saya yakin Pelti Kalsel bisa lebih maju kendati tidak ada saya,” kata Sudung. (buy)

„ Popwil III 2008

Hari Ini Batas Akhir Berkas

BANJARMASIN POST/APUNK

Stadion Lambung mangkurat merupakan salah satu venue Pekan Olahraga Pelajar wilayah (Popwil) III 2008.

PEKAN olahraga pelajar wilayah (Popwil) III 2008 tinggal beberapa hari lagi digelar. Namun, banyak atlet Kalsel belum menyerahkan persyaratan keabsahan atlet. Padahal, provinsi lain seperti Kalteng, Banten, Jateng dan Bali sejak Minggu (9/11) sudah menyerahkan seluruh persyaratan dan keabsaan atlet yang mereka miliki. Popwil III digelar pada 12-16 November 2008. Selain masalah teknis itu, panitia sebelumnya juga menghadapi masalah pendanaan yang kurang. Sekretaris panitia Popwil III, Nurul Fatjri mengakui, banyak atlet Banua yang belum menyerahkan persyara-

tan untuk ikut Popwil III. Fatjri mengatakan, akibat belum lengkap persyaratan yang dimiliki oleh atlet Popwil Banua, pihaknya selaku pelaksana Popwil tidak bisa menyerahkan berkas persyaratan atlet tersebut kepada Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga untuk disahkan. “Padahal, sudah Cabang jauh-jauh hari kita Bakset minta segala persyaBulutangkis ratan tersebut saat atSepakbola let seleksi atlet PopSepak Takraw wil. Sah atau tidaknya Silat Tenis Meja atlet yang bertanding Tenis harus lebih dulu dipeVoli riksa tim pengesahan

jadi terlambat. “Untuk hari ini saja, Minggu (9/ 11), panitia terpaksa jemput bola untuk mengumpulkan berkas persyaratan itu. Sementara persyaratan daerah lain sudah terkumpul semua,” keluhnya. Ditegaskan Nurul Fadjri, hingga batas waktu yang ditetapkan 10 November, persyaratan atlet itu masih Lokasi belum juga diseJalan Piere Tendean Banjarmasin rahkan ke panitia Jalan A Yani Km 6 Banjarmasin Popwil, tidak meJalan Jafri Zam Zam Banjarmasin nutup kemungkinJalan A Yani Km 4 Banjarmasin an atlet bersangBanjarbaru Jalan Hasan Basry Banjarmasin kutan dicoret dari Jalan A Yani Km 5 Banjarmasin daftar atlet Popwil. Jalan P Antasari Banjarmasin (buy)

dari Kementerian Pemuda dan Olahraga. Apalagi terakhir persyaratan tersebut harus sudah diserahkan 10 November 2008,” jelas Fadjri. Jumalh atlet yang belum menyerahkan persyaratan ada sekitar 30 persen. Fadjeri mengaku belum mengetahui kenapa penyerahan berkas Venue Suria Sport Hall Borneo Sport Hall Stadion 17 Mei GOR Transito JPOK GOR Serba Guna Unlam Dharma Praja GOR Hasanuddin HM


Banjarmasin Post

| Senin, 10 November 2008 | Halaman 12

GAMBAR Ria Ariani atau Oya menghiasi sepanjang Jalan A Yani wilayah Banjar dan Banjarbaru. Oya, merupakan caleg DPRD Kalsel dari Partai Nasionalis Benteng Kerakyatan (PNBK) Indonesia untuk daerah pemilihan Banjar dan Banjarbaru. Oya mengaku merasa terpanggil terlibat membesarkan PNBKI karena partai besutan Erros Djarot tersebut memiliki platform sebagai partai rakyat yang secara tegas berada di barisan rakyat dalam memerangi musuh-musuh rakyat. Bagi PNBKI, kata dia, musuh utama bangsa ini adalah kebodohan dan kemiskinan struktural, untuk itu para pelaku pembodohan dan pemiskinan rakyat harus di singkirkan. “PNBKI Insya Allah akan menjadi lawan dari pada para pelaku pembo-

dohan dan pemiskinan rakyat, sehingga tercapai kembali citra Indonesia yang membanggakan. Yakni Indonesia yang bebas KKN, bebas kebodohan dan kemiskinan,” ujar Oya. Dikatakan Oya, bagi PNBKI, pemilu bukanlah tujuan akhir yang bersifat segala-galanya. “Konsekuensinya kami pasti tidak akan menghalalkan segala cara dalam meraih kemenangan pada pemilu mendatang dan pemilu-pemilu berikutnya. Menghalalkan segala cara adalah merupakan hal yang tidak pernah dan tidak akan diterima sebagai cara,” katanya. Dikatakan Oya, Erros Djarot pernah berpesan, memenangkan pemilu adalah penting. Tapi sepenting apapun memenangkan pemilu hanyalah merupakan sasaran antara. Sasaran utamanya adalah memenangkan tujuan Indonesia

merdeka sebagaimana yang tersurat dan tersirat dalam amanat cita-cita Proklamasi (Pembukaan UUD 45). Untuk itu, Oya akan berjuang di berbagai bidang. Ekonomi misalnya. Oya punya pandangan khusus yakni konsep dan sistem ekonomi serta pembangunan ekonomi harus diarahkan semaksimal mungkin bagi kemaslahatan rakyat kebanyakan. Bagaimana memberdayakan dan memakmurkan petani misalnya sebagai salah satu pilar ekonomi daerah haruslah menjadi konsen serius. Kemudian, lanjut dia, bagaimana secara serius pemerintah daerah, memberikan perhatian lebih bagi hidup dan berkembangnya sektor riil. Aktivitas pasar-pasar tradisonal dan pedagangpedagang kaki lima yang selama ini selalu dimarginalkan haruslah sudah menjadi

sasaran utama pemerdekaannya. “Anasir-anasir yang menyatakan bahwa keberadaan mereka kurang berpengaruh terhadap perekonomian daerah haruslah segera dihilangkan. Karena fakta tak bisa dipungkiri, sektor ini ternyata begitu besar perannya dalam kehidupan dan penghidupan ekonomi rakyat kebanyakan,” bebernya. Hal yang sama untuk menjadi konsen bagi daerah ini adalah bagaimana dapat memaksimalkan pengelolaan sumber daya alam lainnya, seperti batu bara, bijih besi, mangan dan sebagainya. Bagaimana kesemuanya itu dapat memberikan nilai tambah yang sebesar-besarnya bagi rakyat di daerah ini.(rbt/*)

DOKUMEN PRIBADI

Semua untuk Kemaslahatan Rakyat

Ria Ariani

Sulit Tekan Angka Golput „ Amien Prediksi 40 Persen PANGKALPINANG, BPOST - Dalam sejumlah pemilihan kepala daerah, angka golput lebih tinggi dibanding pemenangnya. Ini adalah bukti hilangnya kepercayaan masyarakat terhadap parpol dan pemimpin. Fungsionaris Partai Demokrasi Pembaruan (PDP) Laksamana Sukardi mengakui, munculnya fenomena golput dalam pemilu sulit dihindari. “Masyarakat melihat contoh masa lalu NET yang dinilai gagal Laksamana Sukardi dan Amien Rais memperjuangkan kekan hak suara dalam pemilu pentingan dan hak rakyat, bukan berarti memilih partai sehingga muncul krisis keperpolitik, tetapi memilih masa cayaan terhadap pemimpin depan anak bangsa agar kedan menganggap pemimpin ke hidupannya lebih baik dari depan sama dengan pemimpin sekarang. masa lalu,” ujar mantan pen“Justru itu, sikap golput katolan PDIP itu, kemarin. rena tidak percaya kepada Karenanya, kata parpol dan pemimpin, tidak Laks, parpol harus melakukan menyelesaikan masalah. Itu pembaharuan dengan mengasama artinya dengan membikomodasi kepentingan rakyat. arkan nasib bangsa ini berada “Golput itu jauh dari nilai-nilai dalam keterpurukan. Golput demokrasi dan golput adalah belum tentu lebih baik kememilih antara membiarkan timbang menggunakan hak nasib generasi mudanya lebih suaranya sebagai warga neburuk dari dirinya,” ujarnya. gara,” ujarnya. Menurut dia, mengguna-

Hal senada dilontarkan politisi gaek, Amien Rais. Ketua Dewan Pertimbangan DPP PAN itu mengkhawatirkan meluasnya kecenderungan sikap golput dalam masyarakat. Dia bahkan memperkirakan jumlah angka golput dalam Pilpres 2009 akan meningkat tajam. Penyebabnya, kata Amien, adalah disahkannya RUU Pilpres yang mensyaratkan pengajuan calon presiden dengan 20 persen kursi parlemen atau 25 persen suara. Aturan itu, kata dia, membuat sejumlah partai politik kecewa. “Saya perkirakan angka golput 40 persen. Masyarakat kita makin kritis,” kata Amien Rais. Mantan Ketua MPR itu menjelaskan, tingginya angka golput disebabkan pasal tentang persentase pengajuan capres dan cawapres terlalu tinggi. Akibatnya, hanya parpol besar yang percaya diri untuk mengusung calonnya. “Memilih itu adalah hak, dan tidak harus digunakan. Calon pemimpin yang ada tidak ideal, sehingga masyarakat memilih golput,” katanya. Lalu, siapa calon pemimpin yang ideal saat ini? “Belum ada,” tegas Amien. (inl/vvn)

Caleg Harus Belajar Kenali Pemilih „ Training Political Marketing PADA 22 November 2008, Program Magister Manajemen Universitas Lambung Mangkurat berusia tujuh tahun. Untuk menyemarakkan peringatan ulang tahunnya, bekerja sama dengan Marketing Research (MARS) Jakarta dan didukung Banjarmasin Post serta Ikatan Alumni Unlam, program magister di perguruan tinggi tertua di Kalimantan itu menggelar training political marketing. Menurut koordinator acara, Arief Budiman, training ini sangat penting untuk diikuti para politisi, terutama para caleg dan tim kampanye parpol atau calon kepala daerah. Dalam training ini, kata dia, peserta akan dilatih untuk membuat perencanaan kampanye yang baik dan beretika sehingga komunikasi politik menjadi efektif dan menarik sehingga mencapai sasaran yang diinginkan. Lebih penting lagi, training ini akan membantu para caleg

untuk bisa memahami perilaku pemilih dengan melakukan riset pemasaran. Dalam training ini bertindak sebagai instruktur Dr Astro S Subroto dari MARS Jakarta dan staf pengajar dari FE dan MM Unlam, Arief Budiman, MMktG PhD. Traning akan diselenggarakan di Hotel Arum pada Sabtu, 22 Nopember 2008. “Kegiatan ini ni merupakan komitmen dari MM Unlam untuk memberikan kontribusi bagi publik dalam memperingati tujuh tahun berdirinya dan sekaligus 50 tahun (tahun emas) Unlam. MM Unlam sendiri merupakan program magister yang paling banyak peminatnya di lingkungan Program Pascasarjana Unlam,” katanya. Bagi para politisi atau tim kampanye parpol yang berminat mengikuti dapat mendaftarkan diri pada Program Magister Manajemen Unlam, Gedung Pascasarjana Unlam, Kampus Kayu Tangi Banjar-

masin atau di Banjarmasin Post, Jalan AS Musyaffa 16 Banjarmasin. Untuk informasi bisa menghubungi Rusnawati (081349 701019-0511 3302593) atau Bagian Promosi Banjarmasin Post melalui sambungan telepon 08115002002. (*/rbt)

ANTARA/SAPTONO

TIM DEBAT - Ketua Umum Partai Golkar, Jusuf Kalla (kiri) didampingi wakil ketua umum, Agung Laksono memberikan pengarahan pada pembukaan pemantapan Tim Debat Nasional Partai Golkar di Bogor, Jabar, Sabtu (8/11). Pemantapan tim tersebut guna memperkokoh kader partai berlambang pohon beringin itu.

Presiden Habibie Bikin Kejutan INILAH era baru demokrasi di Indonesia. Setelah Presiden Soeharto dilengserkan dari kekuasaannya pada 21 Mei 1998, jabatan presiden digantikan Wakil Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie. Atas desakan publik, pemilu yang baru atau dipercepat segera dilaksanakan, sehingga hasil-hasil Pemilu 1997 segera diganti. Pemilu akhirnya dilaksanakan 7 Juni 1999, atau 13 bulan masa kekuasaan Habibie. Pada saat itu untuk sebagian alasan diadakannya pemilu adalah untuk memperoleh pengakuan atau kepercayaan dari publik, termasuk dunia internasional, karena pemerintahan dan lembagalembaga lain yang merupakan produk Pemilu 1997 sudah dianggap tidak dipercaya. Hal ini kemudian dilanjutkan dengan penyelenggaraan Sidang Umum MPR untuk memilih presiden dan

wakil presiden yang baru. Ini berarti bahwa dengan pemilu dipercepat, yang terjadi bukan hanya bakal digantinya keanggotaan DPR dan MPR sebelum selesai masa kerjanya, tetapi Presiden Habibie sendiri memangkas masa jabatannya yang seharusnya berlangsung sampai tahun 2003, suatu kebijakan dari seorang presiden yang belum pernah terjadi sebelumnya. Sebelum menyelenggarakan pemilu yang dipercepat itu, pemerintah mengajukan RUU tentang Partai Politik, RUU tentang Pemilu dan RUU tentang Susunan dan Kedudukan MPR, DPR dan DPRD. Ketiga draft UU ini disiapkan oleh sebuah tim Depdagri, yang disebut Tim Tujuh, yang

diketuai Ryaas Rasyid (Rektor IIP Depdagri, Jakarta). Setelah RUU disetujui DPR dan disahkan menjadi UU, presiden membentuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang anggota-anggotanya adalah wakil dari partai politik dan wakil dari pemerintah. Satu hal yang secara sangat menonjol membedakan Pemilu 1999 dengan pemilu-pemilu sebelumnya sejak 1971 adalah Pemilu 1999 ini diikuti oleh banyak sekali peserta. Ini dimungkinkan karena adanya kebebasan untuk mendirikan partai politik. Peserta pemilu kali ini adalah 48 partai. Ini sudah jauh lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah partai yang ada dan terdaftar di Departemen Kehakiman dan HAM, yakni 141 partai. Dalam sejarah Indonesia

tercatat, bahwa setelah pemerintahan Perdana Menteri Burhanuddin Harahap, pemerintahan Reformasi inilah yang mampu menyelenggarakan pemilu lebih cepat setelah proses alih kekuasaan. Burhanuddin Harahap berhasil menyelenggarakan pemilu hanya sebulan setelah menjadi Perdana Menteri menggantikan Ali Sastroamidjojo, meski persiapan-persiapannya sudah dijalankan juga oleh pemerintahan sebelumnya. Habibie menyelenggarakan pemilu setelah 13 bulan sejak dia naik ke kekuasaan, meski persoalan yang dihadapi Indonesia bukan hanya krisis politik, tetapi yang lebih parah adalah krisis ekonomi, sosial dan penegakan hukum serta tekanan internasional.(tnr/kpu)


layanan publik

Banjarmasin Post

SENIN

10 NOVEMBER 2008 / 12 ZULKAIDAH 1429 H

13

PEMBACA setia BPost, silakan sampaikan keluhan, saran dan kritik Anda terhadap public service atau masalah pembangunan di banua kita, secara singkat, cerdas dan santun melalui SMS ke nomor (0511) 7445000. Caranya: Ketik HOT <spasi> (isi SMS Anda)

Benar-benar Layak YTH Kepala BKD Provinsi, kota dan kabupaten, jujurlah Anda-Anda dalam penerimaan CPNS. Luluskan yang benar-benar layak untuk lulus, jangan layak karena unsur keluarga dan kerabat. Besar tanggung jawab di akhirat nanti, atas setiap kejujuran Anda kepada keringat ribuan manusia yang ikut melamar CPNS, bila Anda tidak jujur. (085248044xxx)

Giliran Tungging

Ditemukan Kartu

PASAR Burung wan Pasar Kapuk sudah direlokasi, pabila giliran Pasar Tungging? (081349599xxx)

TELAH ditemukan kartu Jamkesmas atas nama Nafilah, alamat Sungai Miai dan juga ditemukan kartu Askes PNS atas nama Hj Suskiwati, alamat Banjar Indah RT 54. Hubungi 0511-7548663. (05117548xxx)

Buka Mata TOLONG siapa yang berwenang atas jembatan Kayu Tangi ujung. Sudah beberapa tahun selalu macet akibat tidak mulusnya jembatan, susah untuk naik. Sekali lagi, tolong buka mata pejabat. (05117624xxx)

Tukar Jabatan YTH Wali Kota, tolong dirolling saja pimpinan PLN di sini, diganti lawan direktur PDAM, karena sudah tabukti berhasil. (05116170xxx)

KEPADA Kepala SDN Kebun Bunga 3 Banjarmasin, kenapa pembangunan gedung baru mengorbankan halaman sekolah yang sudah sempit, mengapa tidak dibuat berlantai dua saja? Saya sebagai mantan murid SDN Kebun Bunga 3 merasa prihatin sekali, tolong dipikir lagi segi keindahan dan jangan ada penyimpangan ya. (085750459xxx)

Ditemukan Dompet

Berijazah SMA KPU Yth, saya terkejut membaca calon legislatif yang masuk dalam daftar kebanyakan berijazah SMA, seharusnya berijazah S1. Bagaimana mereka mau berdebat dengan pihak eksekutif, BUMD, BUMN dan perusahaan lainnya yang ratarata berpendidikan minimal S1 berpengalaman dan berwawasan luas. Semoga mereka bisa mengerti nantinya yang dibahas mengenai APBD, perda dan lainnya. Kami menginginkan calon legislatif yang potensial dan berpendidikan, karena ini bukan ramai-ramai mau pergi nonton ke bioskop. Masyarakat menginginkan wakil di dewan yang bisa membela dan membangun serta mewujudkan aspirasi masyarakat bisa terwujud. Sehingga kami tidak sia-sia memilih dan bayar pajak. Sebab itu buat menggaji pian-pian. Wassalam. (081349660xxx)

Korbankan Halaman

Pekerjaan Molor PAK Wali, Camat Banjarmasin Selatan dan pihak terkait, pembangunan kantor Lurah Kelayan Timur molor. Padahal sesuai surat perjanjian pekerjaan (Kontrak) No. 138/004/SET/CAM/2008, 4 Juli 2008, masa pengerjaannya hanya 120 hari kalender. (085263815xxx)

Kapan Diaspal PAK Wali, jalan kami di Sultan Adam, Kompleks H Andir, tepatnya di depan SMU PGRI I kondisinya becek dan berlobang. Sudah lama diukur mau diaspal tapi sampai sekarang belum terealisasi. Tolong dong pak aspalkan jalan kami, khususnya untuk kepentingan anak sekolah, juga untuk mewujudkan Banjarmasin mulus di tahun 2009. Terima kasih atas perhatiannya. (05116126xxx)

Tertibkan Parkir BAPAK Wali, tolong tertibkan parkir mobil di bahu Jalan Pahlawan depan warung soto. Rawan kecelakaan, mobil parkir semaunya di muka gang. (05117582xxx)

TELAH ditemukan sebuah dompet beserta isinya berupa antara lain SIM C atas nama Nirwan Irmanto dan STNK atas nama M Thoyib. Benda itu ditemukan A Wahyudi yang beralamat Jalan 9 Oktober di depan Pasar Pekauman, dekat bak sampah. Dompet itu telah diserahkan ke BPost. Kepada yang merasa kehilangan silahkan hubungi harian ini, bagian redaksi. (081349302xxx)

Bebas Bendera Parpol SATPOL PP, banyak bendera parpol di Jalan A Yani, kenapa tidak berani menurunkannya? Padahal jalan protokol bebas bendera parpol, kenapa cuma berani sama PKL, apa Satpol PP alat dari penguasa? (08125046xxx)

Berubah Warna AWAS penipuan berkedok toko emas. Saya beli emas putih kadar 750 di salah satu toko emas Sentra Antasari. Setelah tiga hari, cincin tersebut berubah warna menjadi kuning. (05117510xxx)

Belum Selesai PAK Kapolda Kalsel dan Pak Kapolres Tala yang terhormat, kenapa perkara saya di Polsek Batu Ampar sudah lebih tiga bulan belum selesai, apa karena pelakunya kepala Desa Damit? Dan Saya menanyakan perkembangan berkasnya, selalu dibohongi, mohon penjelasan. Terima kasih. (085828114xxx)

Melebihi Kapasitas

Motor Dibawa

YTH Pak polisi, jalan Lingkar Selatan macet setiap hari akibat dipenuhi truk batu bara. Jumlah truk jauh melebihi kapasitas bongkar. Polisi tidak mampu atau tidak mau mengatur?. Jangan mau uangnya saja, tapi tidak mau mengatur. (08125103xxx)

UNTUK Kasat Lantas Tabalong, keluarga kami tabrakan, kedua pihak sepakat penyelesaiannya secara kekeluargaan. Tapi sepeda motor dibawa dan dikenai biaya administrasi Rp 1 juta untuk dua motor itu. Apa betul begitu aturannya? Padahal kelengkapan kendaraan termasuk suratnya ada. (085652428xxx)

Tanpa Surat Tilang PAK Kapolres HSS Yth, Sabtu-minggu malam 1 Oktober 2008 polisi lalu lintas melakukan razia besarbesaran. Nang ulun binggung, surat kami lengkap kok tetap ditangkap. Sesudah sehari maambil bayar Rp 200 ribu, ada nang sabuahnya Rp 250 ribu, sedangkan kami kadada diunjuki surat tilang. Tolong Bapak Kapolres dipantau anak buahnya. (081349701xxx) Tanggapan : TERIMA kasih atas perhatiannya. Perlu kami jelaskan mengenai denda tilang yang kami kenakan untuk si pelanggar sudah sesuai dengan tabel denda tilang yang ditentukan oleh pengadilan. Waktu pembayaran titipan denda tilang juga sudah kami tunjukkan secara transparan tabel tersebut kepada si pelanggar. Mengingat angka kecelakaan di Kab. HSS yang cukup tinggi yang banyak dikarenakan kelalaian pengemudi (human error), maka walaupun sudah membayar tilang, kendaraan yang terkena tilang harus dilengkapi terlebih dahulu kekurangannya, agar layak jalan dan sebagainya. Baru bisa dikeluarkan dari kantor Satlantas. AKP Tony Budhi Susetyo, SIK Kasat Lantas Polres HSS

METRO BANJAR/SYAIFUL AKHYAR

MOLOR - Proyek normalisasi sungai Gotong Royong dan pemasangan brojong senilai Rp 122,477 juta hingga Minggu (9/11) belum selesai. Padahal waktu pelaksanaannya ditetapkan selama 90 hari kalender dari waktu kontrak 2 Juli 2008.

Dibiarkan Rusak BANJAR - Pak Bupati, kenapa Tugu 17 Mei di Pal 17 dibiarkan rusak tak terawat? Karena ada lambang Pemkab Banjar, sudah semestinya Bapak bertanggung jawab memperbaikinya. Kenapa hal tersebut tidak segera dilakukan? (08565285xxx)

Kapan Dilanjut?

Mengecewakan

TAPIN - Pak Bupati, kapan pembangunan stadiun sepakbola di Binuang, Tapin dilanjutkan kembali? Tribun selesai, lapangan belum, kami khawatir kalau-kalau tempat itu digunakan para remaja untuk hal yang negatif. (081348756xxx)

HULU SUNGAI UTARA Askes Amuntai sangat mengecewakan. Obat beberapa macam kosong sudah lebih dua bulan ini. Saya berpenyakit darah tinggi dan kecing manis, obat penyakit itu yang kosong oleh Askes dicoret begitu saja diresep tanpa memberi jalan keluarnya. Bagaimana kalau penyakit saya kalau betambah parah, apakah saya bisa mengajukan kepada Askes? Dari M Arsyad. (08125054xxx)

Kada Mengalir HULU SUNGAI SELATAN - Yth Kepala PDAM, kaya apa nih banyu ledeng di Pasar Nagara rancak kada mengalir. Amun ada gin mengalir halus dan sedikit, lapah mahadangi sampai subuh. Kaya apa cara/tekniknya kami dapat banyu yang cukup. Kadadakah orang teknik di PDAM Kandangan? Hingga kini kadada perubahan. Muyak kami mahadangi janji palsu. Cari urang lain pang nang bujur-bujur ahli wan mau mambangun banua kita. Jangan asal kenal, tapi ilmunya nang pas wadahnya. (087816124xxx)

Tinjau Langsung KOTABARU - YTH Bapak Bupati Kotabaru, kami mewakili mahasiswa alumnus asrama Sebatung Banjarmasin meminta agar bapak meninjau langsung kelayakan huni asrama. (085248210xxx)

Kadada Doktornya HULU SUNGAI SELATAN - Pak Bupati HSS Yth. Ulun handak baubat ka doktor di Puskesmas Bajayau, mulai balum hari raya saminggu kadada doktornya sampai imbah buka 10 hari ulun hadangi, kadada jua duktornya saikung-ikung. Maka panyakit ulun marasa barat banar. Tulung pa ai. (085251783xxx)

Akta Kelahiran HULU SUNGAI TENGAH Kepada Camat Banjang, tolong tegur Kades Pawalutan, sebab berani membuatkan akta kelahiran yang bukan warganya. Bahkan luar desanya yaitu dari Kec. Ilung, HST. Bujur-bujur bina dong anak buah sampian? (081348056xxx)

Kok Bayar? BATOLA - Yth Bapak Bupati Batola, katanya pembuatan sertifikat tanah gratis. Tetapi kok bayar, berkisar antara Rp 65.000 - Rp 85.000 terutama di Anjir Muara. (085249418xxx)

Keluarga Sidin TANAH LAUT - Pak Bupati Tala. Tolong padahi Sekcam Tambang Ulang, jangan KKN. Keluarga sidin ja nang banyak bagawi di kantor camat. Trims. (081351968xxx)

Data Guru

Semrawut

KOTABARU - Yth. Dinas Pendidikan Kotabaru, Kenapa banyak guru honor sekolah yang fiktif? Apa karena ada orang dalam? Cobalah mengambil data dari laporan bulanan sekolah yang terbaru, itulah data guru yang sebenarnya. (081351921xxx)

BANJARBARU - Kepada pengelola parkir Bandara Syamsudin Noor, tolong dong diatur jangan semrawut ,masyarakat masuk area parkir bandara kan bayar sesuai dengan ketentuan ternyata didalam sudah dipenuhi oleh taxi bandara yang mengisi area parkir pengantar/penjemput akhirnya kami kesulitan utk parkir memangnya sudah dialih fungsikan lahan parkir tersebut kok tidak seperti bandara di lain daerah/tidak seperti dulu ingat pengantar/penjemput masuk sudah bayar sesuai ketentuan. (085751166xxx)

Kapan Dibagi KOTABARU - Surat terbuka untuk Kades Batuah Kotabaru Kec. P Laut Utara. Pak kades, kapan sertifikat tanah kami dibagi. Nang lain-lain sudah. Kurangkah duitnya? Ujar pian pang gratis. Trims. (081348251xxx)

Dibongkar Saja Tolong Dipindah TAPIN - Bapak Bupati Tapin, tolong pang anak buah pian padahi nang mamasang gambar pian di muka pintu gerbang kompleks Labuhan tolong dipindah. Soalnya, kami keluar handak manyubarang, kada malihat lawan mutur, soalnya talindung gambar pian. (087815679xxx)

Ngalihanya Lalu BALANGAN - Bapak Bupati Balangan yang dicintai. Pak ngalihnya lalu, jembatannya lawas sudah imbah mulai pertengahan puasa, tapi kada dibuka, mobil bila lewat jembatan darurat bayar Rp 20 ribu, jembatannya halus haja di Desa Panaitan, Kec. Lampihong. (085249331xxx)

Kadada Kabarnya BALANGAN - Yth Bapak bupati dan wakil. Tolong pang pian campur tangan. Kami mewakili warga Margo Mulyo - Muara Pitap yang terkena pelebaran jalan dan sudah mandapat ganti rugi setahun yang lalu. Tapi masalahnya, akte tanah kami dikumpulkan pemkab dan dijanjikan akan diolahkan segel. Tapi dua lebaran sudah, kadada kabarnya. Terima kasih. (081348386xxx)

KOTABARU - Yth Pemkab Kotabaru, mohon diperhatikan asrama Sebatung dijadikan tempat transaksi sabu-sabu dan mohon kalo bisa dibongkar saja. (085249306xxx)

Selalu Dikunci TANAH LAUT - Bapak Bupati Kab Tala, Taman Makam Pahlawan Bumi Tuntung Pandang selalu pagar dikunci gembok. (085821137xxx)

Dibekali Senpi HULU SUNGAI UTARA Kepala Satpol PP HSU minta dibekali senpi. Hanyar basanjata pemukul haja sudah banyak PKL nang bincul kapalanya, apalagi mun baisian senpi, bisa-bisa banyak PKL nang matian. (081952972xxx)

Buatkan Sirkuit HULU SUNGAI TENGAH Bapak-bapak yang terhomat yang ada di Barabai, tolong nah di Barabai dibuatkan sirkuit untuk anak-anak gaul di Barabai, karena biasanya di lapangan Dwi Warna sering para remaja balapan liar. Apalagi malam, karena kalau balapan itu bisa mengganggu atau menabrak orang-orang yang menggunakan lapangan tersebut. (085951139xxx)


14

Banjarmasin Post SENIN

10 NOVEMBER 2008 / 12 ZULKAIDAH 1429 H

banjarmasin post Berzikir di Depan...

kepala bertuliskan Kafilah Syuhada. Mobil Kapolres Lamongan, AKBP Ahmad Sayuti yang mengawal ambulans jenazah sempat mereka adang di tengah jalan. Aksi itu berakhir setelah kakak kandung Amrozi dan Muklas, Ustad Chozin meminta massa menghentikan pengadangan. Setiba di rumah duka, keluarga mengganti kain kafan Amrozi dan Muklas, sesuai dengan wasiat keduanya. Jenazah lalu disalatkan di Masjid Al Muttaqin sebelum dibawa ke Pondok Pesantren Al-Islam milik Chozin. Di sini pula, keluarga besar mereka termasuk sang ibunda, Hj Tariyem berdoa bersama.. Sekitar pukul 16.00 WITA, jenazah keduanya dikuburkan dalam posisi berdampingan di pemakaman keluarga yang dipenuhi pohon mangga. Bali Normal Pascaeksekusi, situasi di Pulau Dewata relatif normal. Di pantai Kuta, para turis mancanegara tidak begitu tertarik dengan berita eksekusi. Situasi agak berbeda terlihat di ground zero monumen Bom Bali. Banyak turis asing yang mengunjunginya. “Kami tidak mempunyai agenda khusus terkait eksekusi mati terpidana bom Bali,” ujar

Supriyo Laksono selaku ketua yayasan paguyuban keluarga korban bom Bali I. Eksekusi mati disambut lega sebagian warga Australia. Itu terlihat dari pemberitaan koran-koran setempat yang mewancarai keluarga para korban. Maria Kotronakis, warga Sydney yang kehilangan dua saudara perempuannya dalam tragedi itu mengatakan sangat senang karena keadilan yang mereka tunggutunggu akhirnya datang. “Kami sangat gembira. Sesuatu yang setiap hari kami harapkan,” katanya. (Persda Network/ndr/yat/kps/dtc/an)

bunuh oleh kafir. Sikap Imam didukung Pimpinan Ponpes Ngruki, Abu Bakar Ba’asyir. Dia mengaku sangat bangga terhadap Amrozi, Ali Gufron, dan Imam Samudera yang dianggap telah mati syahid. Sikap berbeda diperlihatkan kakak Muklas dan Amrozi, Ustad Chozin. Dia tak mau berpolemik soal syahidtidaknya kematian adik-a-

diknya itu. Dia justru meminta maaf jika kedua adiknya itu pernah melakukan tindakan yang salah. “Atas nama keluarga kami minta maaf,” katanya. Amrozi, Muklas dan Imam dieksekusi pada Minggu (9/11) dinihari dengan cara ditembak. Ketiganya bertanggung jawab dalam ledakan yang menewaskan 202 orang di Bali pada 12 Oktober 2002. Dari London, Amnesty International menyatakan ek-

sekusi itu harus menjadi hukuman mati terakhir. “Eksekusi tiga terpidana itu harus menjadi hukuman mati terakhir yang digunakan oleh pemerintah Indonesia,” kata Direktur Amnesty International bagian Asia Pasifik, Sam Zarifi. Menurut dia, Amrozi cs memang telah melakukan kejahatan yang mengerikan. Namun, hukuman mati hanya membalas pelanggaran hak asasi dengan pelanggaran serupa. (tdt/tnr/ant)

Amrozi bertugas membeli bahan peledak dan mobil L300 yang digunakan untuk membawa alat-alat pengeboman ke Bali. Bahan-bahan kimia dibeli di toko Tidar Kimia milik Silvester Tendean di Surabaya, beberapa pekan sebelum pengeboman. Barang-barang berbahaya itu dibawa ke Bali menggunakan jasa paket bus penumpang umum jurusan Surabaya-Ubung, Denpasar.

Sedangkan mobil dikirim ke Bali pada 12 Oktober 2002. Mobil itu konon diterima oleh Imam Samudra. Usai menunaikan tugastugasnya, Amrozi pulang ke desanya di Solokuro, Lamongan, Jatim, dua hari sebelum bom meledak pada 12 Oktober 2002. Dia mengaku tidak tahu menahu tentang peristiwa pengeboman di Legian yang menewaskan 202 orang itu. Tim antiteror menangkap Amrozi yang kala itu baru

saja bangun tidur di rumahnya. Setelah, baru Ali Gufron dan Imam Samudera. Di persidangan, Amrozi mengakui terlibat dengan peristiwa itu. Namun dia mengaku tidak pernah menjadi pelaku pengeboman. Vonis mati yang dijatuhkan majelis hakin PN Denpasar terhadap Amrozi. Vonis itu diperkuat putusan MA. Akhirnya, dia dieksekusi pada Minggu (9/11) dini hari di Hutan Nirbaya, Nusakambangan, Cilacap, Jateng. (kps/dt)

menjadi mahasiswa Universitas Islam Surakarta. Dari sinilah muncul keinginannya untuk berjihad. Dia lantas meninggalkan bangku kuliah dan pergi ke Afghanistan pada 1986 untuk bergabung dengan kelompok mujahidin yang sedang berjuang melawan tentara Rusia. Pada 1989, Ali di Malaysia dan bekerja sebagai buruh di

Ulu Tiram, Johor. Di tempat itu dia menikah dengan Paridah Abas, perempuan berkewarganegaraan Malaysia. Dari pernikahan itu, mereka memiliki tiga anak. Di negara jiran itu pula, Ali mendirikan sebuah pondok persantren. Di tempat ini Amrozi bergabung dan ikut ‘mengaji’. Dalam perkembangannya, Ali menjadi salah satu mantaqi’ula (pemimpin wilayah) di Jamaah Islamiyah menggantikan Hambali.

Ali mengaku terlibat serangkaian kasus peledakan bom selama 2001. Pada kasus Bom Bali I pada 12 Oktober 2002, dia menjadi kolektor dana untuk membuat bom. Ali ditangkap tim antiteror di Klaten, Jateng. Majelis hakim PN Denpasar, Bali memvonis mati dan dikuatkan putusan MA. Hidupnya berakhir di Hutan Nirbaya, Nusakambangan, Cilacap, Jateng. (kps/dt)

pengakuan tersangka yang diringkus terkait peristiwa bom Natal di Batam dan bom Atrium Senen, Jakarta. Lelaki kelahiran Kampung Pelong Gede, Serang, Banten, 14 Januari 1970 ini pernah ikut berjuang bersama kaum mujahidin di Afghanistan. Dia sempat tinggal di Malaysia. Di dua negara itu Imam belajar soal senjata api dan bom. Imam adalah koordinator pelaksana dalam kasus Bom

Bali I. Dia yang membagi tugas orang-orang yang terlibat dalam ‘operasi’ itu. Imam juga disebut-sebut sebagai perancang peledakan bom itu. Pascaledakan bom pada 12 Oktober 2002, Imam berpindah-pindah tempat tinggal. Namun , dia bisa dibekuk ketika hendak melarikan diri ke Sumatera. Imam ditangkap di sebuah bus di Pelabuhan Merak, Jawa Barat, 26 November 2008. Imam gemar berkomunikasi dengan internet. Dia se-

ring ber-chatting dari balik jeruji tahanan. Melalui jaringan internet, Imam menyebarkan propaganda dan pertukaran informasi. Dia biasanya chatting melalui internet relay chat (IRC) di kanal cafeislam dan ahlul sunah. Pada 2 Juni 2003, Imam mulai diadili di ruang sidang Gedung Nari Graha, Renon, Denpasar. Hakim memvonis mati putra pasangan Embay Badriyah dan Sihabuddin itu pada 10 September 2003. (kps/dt)

Paul saat memberikan instruksi kepada Jim. “Belokkan ke kanan, pelan, dan turun...,” katanya. Lantas, terdengar suara Jim meminta maaf. Dari suaranya, tergambar kepanikan yang membekap Jim. Anak Jim, Douglas mengatakan, ayahnya adalah seorang pilot yang telah memiliki pengalaman terbang sekitar 20 tahun. Saat ini pilot berusia 65 tahun tersebut sedang dirawat di rumah sakit untuk mendapatkan penglihatannya kembali.

“Dokter mengatakan, dia menderita stroke karena penggumpalan darah beku, dan mengalami efek paling parah dari penyakit tersebut, yakni kehilangan penglihatan. Menurut dokter, ayah saya tiba-tiba buta lantas shock sehingga tak bisa membedakan terang dan gelap,” ujar Douglas. “Peristiwa itu seperti adegan dalam film action dan sulit untuk dipercaya dapat terjadi. Benar-benar hal yang mengagumkan dia dapat selamat,” lanjutnya. (bbc/ap)

„ Sambungan hal 1

AP PHOTO/DITA ALANGKARA

RICUH - Suasana ricuh sempat terjadi ketika ratusan orang menyambut kedatangan jenazah Amrozi dan Muklas di Desa Tenggulun, Lamongan, Jatim. Massa dan aparat kepolisian saling dorong, namun tidak ada korban luka.

Bawa Pempek Saat Lamaran NIRINA dan Ernest ‘Cokelat’. Mereka memang sepasang kekasih. Bahkan, beberapa waktu lalu, mereka sempat mengatakan akan melanjutkan hubungan itu ke jenjang pernikahan. Agaknya keinginan tersebut segera terwujud. Minggu (9/11), gitaris itu datang ke rumah Nirina membawa keluarga, lengkap dengan seserahan. Ya, Ernest melamar kekasihnya. Dalam seserahan itu terlihat sekeranjang pempek, juga sepasang cincin bertahtakan berlian. “Karena kebetulan Nirina suka pempek Palembang dan minta dibawain ya aku bawain,” ujar Ernest usai pro-

sesi lamaran di kediaman Nirina di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta. Mengenai prosesi lamaran, Ernest dan presenter ternama itu mengaku tak ada yang istimewa. “Biasa saja. Kita tukar cincin juga,” imbuh Ernest sambil memperlihatkan jari manis tangan kirinya. Nirina pun menanggapi dengan mengatakan, ”Ernest memang tahu sahabat perempuan itu berlian.” Soal pernikahan? “Kita pasti akan kasih tahu tanggalnya. Pastinya di awal 2009,” ujar Ernest yang mengenakan kemeja batik bernuansa biru. Kesibukan keduanya membuat pernikahan baru bisa digelar tahun depan. Selain

Ernest sibuk dengan ‘Cokelat’, antrean pekerjaan Nirina pun masih cukup panjang. Pemilik nama lengkap Ernest Fardiyan Sjarif itu semula berencana melamar sang kekasih beberapa pekan mendatang. Namun karena ayah Nirina berencana ke luar kota, maka jadwal dimajukan. “Makin cepat, Makin baik,” katanya. Sebelum memboyong keluarganya untuk melamar, beberapa hari setelah Idul Fitri, Ernest sendirian menemui ayah Nirina. Walau mengaku tegang, Ernest bersyukur pinangannya diterima. “Saya mendapat pesan agar menjadi suami yang baik bagi putrinya,” katanya. (vvn)

Misteri Anjing Obama TERPILIHNYA Barack Obama sebagai presiden AS adalah sejarah baru. Segala persiapan khusus dilakukan untuk presiden kulit hitam pertama di negara adikuasa tersebut. Perhatian tak hanya ditujukan kepada keluarga namun juga anjing sang presiden. “Saya punya dua kriteria yang harus dipilih. Malia (salah seorang putri Obama, Red) itu alergi, jadi harus anjing hypoallergenic. Tapi di sisi lain, saya lebih suka anjing penjaga, tapi kebanyakan anjing penjaga adalah ras campuran, seperti saya,” kata Obama, Minggu (9/11). Keberadaan anjing di Gedung Putih selalu menjadi perhatian. Bahkan ada bagian khusus di situs Gedung Putih (whitehouse.gov) mengenai anjing milik si presiden. Berita terakhir menyebutkan anjing jenis Scottie, milik Presiden George W Bush yang bernama Barney menggigit wartawan Reuters yang biasa meliput di Gedung Putih hingga berdarah. Keinginan Obama agar dicarikan anjing yang tak menyebabkan alergi, tampaknya sulit. Menurut Stephen Zawistowski selaku presiden masyarakat Amerika, tak ada anjing keturunan

yang benar-benar bebas alergi. Yang ada adalah anjing yang ‘sedikit masalah’ karena tidak berbulu lebat atau anjing yang jarang berganti bulu. Jenis anjing yang jarang berganti bulu itu antara lain pudel, bichon frise, anjing air Portugis dan Malta. Akan tetapi anjing-anjing jenis itu memerlukan perawatan profesional yang biayanya sangat mahal. Jenis lain yang cenderung berbulu sedikit adalah Schnauzers, Westies (terries putih dari pegunungan barat) dan terrier dari Skotlandia. Zawistowski menjelaskan anjing jenis persilangan seperti goldendoodle juga tak memiliki jaket bulu, tapi campuran yang acak seperti pudel cenderung memiliki jaket bulu. “Keluarga Obama bisa mengadopsi jenis dari keduanya, anjing penjaga atau anjing keturunan yang khusus diternakkan,” katanya. Sedangkan Direktur Washington Animal Rescue League, Gary Weitzman mengatakan, sekitar seperempat dari 250 anjing di penampungan mereka adalah jenis keturunan. Dia menilai anjing yang ideal untuk penghuni Gedung Putih harus dari jenis

Mangidam Pisang „ Sambungan hal 1

duksi tarus. Kada nangkaya pabrik kayu nang banyak mam-PHK pakarjanya karna alasan kalangkaan bahan baku wan larangnya ungkus paruduksi. “Uiii... Lui, bahintaluan pulangkah iwak?” ujar Tulamak manyindir bini Palui nang pina rancak muakmuak. “Ngalih diatur Mak ai. Kada tagantung musim, apakah musim hujan atawa musim karing, tatap haja pina bamula pulang,” sahut Palui paham nang disindir Tulamak. “Kasihan, jangan dipaksaakan Lui ai,” ujar Tulamak. “Kada marasa dipaksa Mak ai karna sama-sama mahakuni karna kami sudah baisi rancana kaluarga,” ujar Palui lihum. “Bujur haja sama-sama mahakuni tapi kasihan kada ka-awakan, basambung tiap tahun,” ujar Tulamak. “Mulai tadi kudangarakan ikam badua pina mamander iwak bahintaluan, eeee... sakalinya iwak dalam kalambu. Iwak dalam kalambu itu iba-

rat iwak kalatau dan saban waktu batamu maka pasti haja bahantup,” ujar Garbus nang hanyar cangul umpat manyahut. “Sakali ini biniku mangidam ngalih banar mangabulakan kahandaknya,” ujar Palui. “Handak marasani napa Lui?” ujar Garbus. “Inya handak banar pisang,” ujar Palui. “Pisang napa Lui? Apakah pisang bujuran atawa nang saukuran pisang?” ujar Garbus manggayai. “Pisang itu macam-macam ukurannya Lui ai. Apakah pisang mahuli nang kacil mungil tapi lamak atawa pisang paikat nang pina malilit atau pisang ambon nang ganal wan panjang-panjangnya?” ujar Tulamak mahuhulut. “Bubuhan ikam ini pasti ma-artiakan pisang lain. Kalu pisang lain itu ampunku sudah luar biasa,” ujar Palui manangkis. “Lalu pisang napa nang dikahandakinya Lui?” ujar

yang ramah terhadap anakanak dan pengunjung. “Adalah satu keuntungan jika mengadopsi anjing dewasa yang kepribadiannya telah dilatih dengan baik dan temperamennya telah teruji. Bila anak-anak Obama berkeras ingin anak anjing, maka akan lebih sulit diprediksikan,” katanya. Stanley Coren yang menulis buku-buku best seller soal anjing, merekomendasikan anjing jenis pemburu kecil, anjing pemburu spaniel, golden retriever, labrador retriever dan pudel untuk keluarga Obama. Tapi apapun jenis yang dipilih, anak anjing memerlukan sosialisasi yang intensif. “Mulailah memperkenalkan anak anjing baru itu untuk terbiasa dengan situasi di sekitarnya termasuk anakanak. Tapi anjing bisa takut terhadap apapun, laki-laki berkumis dan orang-orang yang bertopi,” ujarnya. Pertanyaan mendasar adalah wajibkah presiden AS memiliki anjing? “Itu sudah merupakan ‘paket’. Bila dia sedang mengalami hari yang buruk, tak ada yang lebih baik selain berjalan-jalan dengan anjing dan berkata, hey keadaan tak seburuk itu kan ?” tegas Zawistowski. (ap/rtr/vvn)

Namun, Kapuspenkum Kejagung Jasman Pandjaitan membantah hal itu. “Tidak ada itu. Itu hanya rumor. Sebab tim dokter menyatakan mereka meninggal setelah ditembak dengan masingmasing satu kali tembakan. Itu juga terbukti dari hasil otopsi,” katanya. Setelah dieksekusi, jenazah dibawa ke poliklinik Lapas Batu untuk menjalani pemeriksaan dari tim forensik serta dijahit luka-lukanya. Seusai itu, baru pihak keluarga yang diwakili adik Muklas dan Amrozi yakni Ali Fauzi memandikan dan membungkus jenazah mereka dengan kain kafan yang dibawanya. Dengan menggunakan helikopter milik Mabes Polri, jenazah-jenazah itu diterbangkan ke Lamongan, Jatim dan Serang, Banten Emosi Kedatangan tiga jenazah di daerah masing-masing disambut penuh emosi oleh para pendukung dan keluarga. Jenazah Imam tiba di kampung halamannya, Lopang Gede, Serang, Banteng, sekitar pukul 08.00 WITA. Ribuan orang juga mengiringi jenazah itu ke rumah mertuanya di Perumahan Pasir Indah, Cinanggung,

Serang dan tempat pemakaman umum (TPU) Kampung Lopang Gede. Sesuai wasiat, jenazahnya dikuburkan tak jauh dari kuburan ayahnya, Sihabuddin yang meninggal pada 2006. Dalam wasiatnya Imam juga meminta agar dikubur tak jauh dari rumah ibu kandungnya, Embay Badriah (Umi). Meski tak meneteskan air mata, namun raut wajah Umi memperlihatkan kesedihan yang luar bisa. Bahkan, nyaris pingsan. Untung saja, tubuhnya langsung disangga oleh kerabat yang mendampingi. Sedangkan istri Imam, Zakiah Darajat lebih banyak diam, larut dalam takbir yang dikumandangkan ribuan pelayat. Abu Jibril, dari Forum Umat Islam memimpin prosesi penguburan. Pada saat prosesi penguburan berjalan, putra tertua Imam, Umar Jundul Haq yang masih remaja, berkali-kali meneriakkan takbir. Suasana penuh emosi juga terjadi saat dua jenazah kakak-adik Muklas dan Amrozi tiba Desa Tenggulun, Lamongan, Jatim. Jenazah keduanya disambut teriakan takbir oleh ratusan orang mengenakan ikat

MUI: Bukan Mati... „ Sambungan hal 1

Ma’ruf menilai, hukuman mati merupakan hukuman setimpal karena mereka telah membunuh. “Islam tak melarang hukuman mati, jika tak ada cara lain,” katanya. Sebelum dieksekusi, seorang terpidana, Imam Samudera menulis surat wasiat yang antara lain menyebut gelar teroris lebih mulia daripada ulama yang tidak peduli dengan saudaranya yang di-

Penyuplai „ Sambungan hal 1

Meski terkesan cuek, lelaki kelahiran 5 Juli 1962 ini, adalah pribadi yang keras. Pengeboman di Paddy’s Caffe dan Sari Club, Bali, pada 2002 silam, disebutnya sebagai tindakan untuk membela umat Islam di seluruh dunia. Perannya sangat sentral baik dalam perencanaan maupun pelaksanaaan peledakan bom. Itu sebabnya Amrozi menjadi satu dari tiga tokoh inti.

Kolektor „ Sambungan hal 1

Ali Gufron alias Muklas lah yang mengubah perilaku Amrozi, dari remaja nakal menjadi orang yang peduli dengan jihad membela Islam. Ali juga menjadi pengajar di Pondok Pesantren Al Mukmin, Ngruki, Sukoharjo, Jateng yang didirikan Abu Bakar Ba’asyir dan Abdullah Sungkar. Selain itu, dia juga pernah

Perancang „ Sambungan hal 1

Garbus. “Biniku itu mangidam handak pisang masak di sampaian dapur,” ujar Palui. “Kadada pisang masak di sampaian dapur. Pisang mustinya masak di puhunnya lalu ditabang atawa bisa jua masak diparam karna masih mangkal,” ujar Tulamak. “Samunyaan sudah kucuba, masak di puhunnya, masak digantung atawa masak diparam itu kadada nang cucuknya,” ujar Palui. “Napa ngaran pisangnya dan kaya apa balangnya?” ujar Tulamak. “Nang dikahandakinya adalah pisang awa babigi, balangnya suklat-suklat hirang dan pisangnya pina takarusut,” ujar Palui. “Kalu takarusut ba-arti bahalus Lui ai. Kalu bahalus kada nyaman,” ujar Tulamak. “Ooo... aku paham. Bini ikam itu pasti mangidam rimpi pisang nang dikaringakan di atas sampaian dapur, masaknya pisang itu karna panas api dapur,” ujar Garbus. “Hi-ih-lah sakalinya rimpi, aku sama sakali kada ingat ngarannya Bus ai,” ujar Palui batarima kasih. (emhati)

Imam kecil pandai dalam pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) dan kerajinan tangan. Namun, anak ke 8 dari 11 bersaudara itu tidak pandai matematika. Beranjak dewasa, sikap penakut dan cengeng tidak ditemui pada diri Imam. Dia jutru tumbuh menjadi pria yang keras. Imam mengaku terlibat dalam rangkaian ledakan bom pada 2000. Namanya pertama kali muncul dari

“Belok, Kiri,... „ Sambungan hal 1

Bahkan, melalui radar, juga mencari posisi pesawat lalu mengarahkannya ke lokasi yang bisa didarati. “Mendaratkan pesawat dengan seorang yang tak bisa melihat adalah paling tepat dengan mengatakan: ke kiri sedikit, ke kanan sedikit, berhenti, turun...,” ujar Paul. Dengan arahan suara Paul tersebut, Jim berhasil mendaratkan pesawat di tanah lapang. Tak ada kerusakan pa-

da pesawat apalagi tergelincir saat landing. Namun, pesawat berbaling-baling itu sempat memantul saat kali pertama menyentuh bumi. “Pada saat krusial pendekatan final meskipun dengan bantuan radar, pilot memerlukan penglihatan visual. Itu gunanya saya memandunya untuk mendaratkan pesawat,” tutur Paul. Berdasar rekaman dari website BBC, terdengar suara

JALAN TERJAL AMROZI CS 10 September 2003 Imam Samudera divonis mati 28 Agustus 2003 Ali Gufron dituntut hukuman mati 2 Oktober 2003 Ali Gufron divonis mati 30 Januari 2007 PK pertama Amrozi cs ditolak 30 Januari 2008 PK kedua diajukan dan ditolak 1 Mei 2008 PK ketiga diajukan dan kembali ditolak 21 Oktober 2008 MK tolak uji materi terhadap UU Nomor 2/Pnps/1964 soal tata cara eksekusi mati yang diajukan Amrozi cs. 9 November 2008 Amrozi cs dieksekusi mati di Nusakambangan GRAFIS: BPOST/DERRY


nusantara luar negeri

Banjarmasin Post

SENIN

10 NOVEMBER 2008 / 12 ZULKAIDAH 1429 H

15

Mereka Tewas Saat Uji Coba Rutin MOSKOW, BPOST - Kapal selam bertenaga nuklir Nerpa, proyek 971 Shchuka-B, milik angkatan laut Rusia mengalami kecelakaan di Samudera Pasifik dan menewaskan lebih dari 20 orang, Sabtu (8/11). Juru bicara angkatan laut Rusia Kapten Igor Dygalo menerangkan, reaktor nuklir kapal selam itu beroperasi normal dan kadar radiasi pada kapal selam itu juga masih dalam kategori normal. Kecelakaan itu berlangsung, saat sistem pemadam kebakaran tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Menurut Dygalo, terdapat 208 orang di

atas kapal selam saat kecelakaan itu berlangsung. Belum diketahui penyebab beroperasinya sistem pemadam kebakaran atau penyebab tewasnya korban dalam kecelakaan itu. Dygalo juga tak menyebutkan secara pasti lokasi kecelakaan kapal selam itu. Dia hanya mengatakan kapal selam itu tengah beruji coba operasional di Laut Jepang saat terjadi “Lebih dari 20 orang tewas dalam kapal selam bertenaga nuklir di Samudera Pasifik saat uji coba rutin sebagai hasil memfungsikan persetujuan sistem persenjataan mematikan,” ujar

Dygalo seperti dilansir Reuters, Minggu (9/11). Dygalo mengatakan satu kapal perusak, Admiral Tribut, disiapkan untuk membantu mengevakuasi kru kapal yang terluka ke pelabuhan. Diperkirakan ada 208 orang dalam kapal saat kecelakaan, beberapa di antaranya dari produsen kapal. Kantor berita Rusia, RIA, melaporkan sistem pemadam kapal selam bertenaga nuklir biasanya menggunakan busa (foam) dan bahan kimia. Mengutip pernyataan pejabat tinggi Rusia, penyebab kecelakaan itu diduga berasal dari bagian dalam haluan kapal.

Nerpa, yang telah dimodernisasi, berangkat ke area uji coba di laut terbuka akhir Oktober 2008 lalu. Pembangunan Nerpa dimulai sejak 1991 tapi dihentikan sementara setelah permasalahan dana pada gonjangganjing ekonomi Rusia era 1990-an. Sebelumnya pada Agustus 2005, tujuh pelaut Rusia terjebak tiga hari dalam kapal selam AS-28 mini di 600 kaki bawah Samudera Pasifik, dengan masalah pasokan udara. Sedangkan pada Agustus 2000 terjadi peristiwa tenggelamnya kapal selam Kursk dan menewaskan 118 awaknya. (kps/dtc/ant)

AFP PHOTO / DMITRY BARINOV

TENGGELAM - Anggota angkatan laut Rusia sedang menyandarkan kapal selam nuklir Rusia K-152 Nerpa di Pelabuhan Murmansk, Kola, Rusia Utara, 23 Juli 1995 lalu.

Samarinda Nyaris Lumpuh „ 4.547 Rumah Terendam SAMARINDA, BPOST - Banjir di lima kelurahan di Samarinda, Kalimantan Timur, kian parah. Hingga kemarin, Minggu (9/11), yang berarti telah tiga hari air merendam ibu kota provinsi tersebut dengan ketinggian air sekitar 50-80 sentimeter.

ANTARA/AMIRULLAH

EVAKUASI WARGA - Beberapa warga dievakuasi menggunakan perahu akibat banjir yang terus meluas di Kota Samarinda, Minggu (9/11) siang. Ketinggian air di beberapa jalan telah mencapai 50-80 centimeter dan merendam 4.547 rumah di dua kecamatan.

Mesir Tolak Omar bin Laden

Omar bin Laden

BPOST/DOK

OMAR, anak Osama bin Laden, telah dideportasi dari Mesir sepulang dari usaha pencarian suaka politik yang gagal di Spanyol. Demikian dikatakan istri Omar yang asli Inggris, Zaina Alsabah bin Laden pada AFP, Minggu (9/11). Pasangan ini tak diizinkan memasuki Mesir yang jadi tempat tinggal mereka selama ini, setelah Spanyol menolak permohonan suaka politik pria berusia 27 tahun itu. “Pemerintah Spanyol bilang bahwa Omar aman di Mesir

jadi punya tempat untuk pergi, namun ketika kami tiba di Mesir mereka mendeportasi kami,” kata Zaina lewat telepon namun enggan menyebutkan ke mana mereka akan pergi selanjutnya. Omar mengajukan suaka dengan alasan hidupnya dalam bahaya di Timur Tengah, karena dia adalah seorang pecinta damai. “Kami merasa sangat tidak baik, melihat bahwa segala yang kita miliki adalah di Mesir dan kami tidak bisa mendapatkan apaapa, tidak bisa mendapatkan kartu kredit, kami hanya memiliki uang tunai,” ujar Zaina. Omar adalah satu dari 19 anak Osama bin Laden dan memegang paspor Arab Saudi. Dia anak keempat dari istri pertama Osama. Sedang Zaina memiliki nama asli Jane Felix-Browne adalah warga negara Inggris. Perkawinan mereka sempat membuat heboh tahun lalu karena status mereka. Omar adalah anak Osama yang berusia muda, sedang Jane Felix-Browne adalah warga Inggris yang telah berusia 52 tahun, dikenal kawin cerai dan telah memiliki cucu. Perjalanan Omar meminta suaka politik diawali sejak April lalu, saat Pemerintah Inggris menolak permohonannya untuk tinggal di negara istrinya tersebut. (dtc)

Bahkan di beberapa wilayah, banjir mencapai ketinggian hingga 1,5 meter dan membuat aktivitas warga nyaris lumpuh. Dari data yang dilakukan dinas terkait, sekitar 4.547 rumah terendam. Warga yang tinggal di sepanjang Jalan Jenderal Ahmad Yani yang jadi salah satu ruas utama di Kota Samarinda, melarang kendaraan roda empat melewatinya karena gelombang airnya masuk ke permukiman. Banjir memaksa warga bepergian dengan perahu. Banjir juga membuat Jalan Jenderal Ahmad Yani nyaris tidak bisa dilintasi kendaraan terutama oleh sepeda motor. Pertokoan di sepanjang jalan itu sepi pembali. Kondisi ini membuat seba-

gian warga memilih mengungsi. Keputusan ini diambil setelah melihat ketinggian air tidak cenderung menurun. Kalau sebelumnya air di jalan itu paling tinggi hanya sekitar 50 sentimeter, Sabtu (8/ 11) malam telah mencapai 1,5 meter. Untuk membantu warga, Pemprov Kaltim telah menurunkan sejumlah perahu untuk dipakai mengantar warga yang kesulitan melintasi banjir. Mereka juga membangun posko-posko kesehatan dan memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan. “Lusa kemarin (Sabtu), hanya wilayah Kecamatan Samarinda Utara pada empat kelurahan yang terendam. Namun hingga Minggu siang ini, semakin meluas hingga merendam sebahagian wila-

“Sampai saat ini, belum ada tandatanda air akan surut. Bahkan, kemungkinan masih akan bertambah, sebab biasanya jika mendekati bulan purnama, air Sungai Mahakam meluap.” yah Kelurahan Sidodadi dan Kelurahan Gunung Kelua, Kecamatan Samarinda Ulu,” ujar salah seorang Tim SAR dari LSM Pelik (Peduli Lingkungan Kota) Samarinda, Gusti Ahmad. “Sampai saat ini, belum ada tanda-tanda air akan surut. Bahkan, kemungkinan masih akan bertambah, sebab biasanya jika mendekati bulan purnama, air Sungai Mahakam meluap. Apalagi, saat ini sedang berlangsung pa-

sang air laut sehingga ketinggian air kemungkinan masih bertambah,” imbuh dia. Pantauan di beberapa jalan, genangan air di Jalan Remaja terus bertambah tinggi. Bahkan, jalur ini terpaksa ditutup pada Minggu siang, sebab digunakan ratusan anak bermain. Air juga menggenangi Jalan Ruhui Rahaya, dr Sutomo, Jalan M Yamin hingga ke Jalan PM Noor. Air juga merendam kawasan perumahan Asrama Polisi (Aspol) di Jalan Gelatik, Samarinda Utara. Walaupun ketinggannya sudah mencapai 70 sentimeter, namun warga di perumahan itu masih memilih bertahan. “Banjir kali ini tergolong besar. Bahkan, hampir seperti musibah yang sama pada 1998 silam,” kata salah seorang warga Sempaja, Firman. Di 1998, musibah banjir terburuk akibat jebolnya tanggul waduk Benanga Lempake, Samarinda Utara, menimpa wilayah ini karena tingginya curah dan intensitas hujan saat terjadi fenomena alam La Nina. (kps/ant)

Waspadai Gelombang Besar MELALUI situs mereka, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) memperingatkan ancaman gelombang yang berbahaya bagi perahu nelayan dan tongkang, hari ini (Senin, 10/11). Gelombang laut yang tingginya berkisar dua hingga tiga meter berpeluang terjadi di perairan utara Aceh, perairan barat Sumatera Utara, Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Jawa, perairan selatan Merauke dan perairan timur Halmahera. Sedang gelombang laut berkisar 1,25- 2,0 meter berpeluang terjadi di perairan barat Aceh, perairan selatan Bali hingga NTB, Selat Bali, Laut Flores, Laut Sawu, Laut Timor, Laut Banda, Laut Arafuru. Kemudian, perairan Kepulauan Aru, Laut Natuna, Laut Sulawesi, perairan Sangihe Talaud, Laut Halmahera, Laut Seram dan perairan utara Papua. BMG mengingatkan para nelayan gelombang setinggi itu berbahaya bagi perahu mereka. Analis cuaca BMG Stasiun Meteorologi Pangkalpinang, Supari SSi menjelaskan, tinggi gelombang minimum di perairan Bangka hingga Jawa rata-rata satu meter dan gelombang maksimum dua meter, dengan arah dan kecepatan angin timur hingga barat daya mencapai 10-35

km/jam Demikian juga tinggi gelombang di perairan Selat Karimata rata-rata mencapai satu meter dan gelombang maksimum dua meter dengan arah dan kecepatan angin timur hingga barat daya 10 sampai 35 km/jam. Dia menjelaskan, perairan Bangka hingga Belitung tinggi gelombang minimum satu meter dan gelombang maksimum 1,5 meter, arah dan kecepatan angin timur hingga barat daya 10 hingga 30 km/jam. Ganasnya gelombang laut telah memakan korban. Dua mahasiswa jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar tewas tenggelam di perairan Pulau Lae-lae Makassar. Kedua korban adalah Syahrul Sayuti (23), mahasiswa angkatan 2003, dan Dedy (19), mahasiswa angkatan

Gelombang Tinggi di PerairanIndonesia Berlaku 10-11 Nov 2008, Pukul 08:00 Wita

Ketinggian gelombang Wilayah perairan 1.25 - 2.0 m Perairan barat Aceh, Perairan selatan Bali hingga NTB, Selat Bali, Laut Flores, Laut Sawu, Laut Timor, Laut Banda, Laut Arafuru, Perairan Kep. Aru, Laut Natuna, Laut Sulawesi, Perairan Sangihe Talaud, Laut Halmahera, Laut Seram, Perairan Utara Papua.

2.0 - 3.0 m Perairan Utara Aceh, Perairan barat Sumatera Utara hingga Lampung, Selat Sunda bagian Selatan, Perairan selatan Jawa, Perairan selatan Merauke, Perairan timur laut Halmahera

Waspada pada hujan deras, petir dan tanah longsor. Antara tanggal : 07 - 10 Nopember 2008 di Sumatera bagian tengah dan selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah bagian selatan, Kalimantan Timur bagian utara, Sulawesi Utara Sulawesi Tengah bagian selatan, Maluku Utara, Papua bagian tengah dan timur, Banten, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah bagian barat. SUMBER: BMG

2006, tewas saat mengambil nomor keanggotaan kegiatan

GRAFIS/DERRI

ekstrakurikuler pecinta alam Canopy. (ant/dtc)


16

Banjarmasin Post SENIN

10 NOVEMBER 2008 / 12 ZULKAIDAH 1429 H

SAHAM

STATISTIK 11.110

INFOBANK

BI Rate Per 7 Okt

9.50 Persen

Inflasi Banjarmasin Okt

1,39 Persen

Kurs Tengah 7 November Cad Devisa 6 November

INDEKS

Suku Bunga BI 3 Bulan

10.94 Persen

Dow Jones Hang Seng

MATA UANG

JUAL

BELI

1338.36

30.46

1647.4

38.7

AUD

7.476.43

7.477.93

8943.81

248.02

EUR

14.114.43

14.112.19

JPY

113.01

113.02

SGD

7.418.97

7.419.92

HKD

1.369

1.498

14243.43

453.39

8583

-316.14

Nikkei

Harga spot emas 7 Nov 733.90 Dolar AS/troy ounce 7/11

+/-

USD

Nasdaq

50,5 Miliar Dolar AS 10,39 Persen

NILAI

IHSG

IDR 11.110

Suku Bunga BI 1 Bulan

VALAS 11.101

11.095

e-bursa.com

Sumber: BI/BPS Kalsel/kitco/mio

Sumber: dtc

Sebulan Lagi Kredit Bank Normal SOLO, BPOST - Saat ini perbankan memilih melakukan pengetatan pengucuran kredit menyusul krisis finansial dunia. Namun Bank Indonesia (BI) menyatakan, ketatnya kredit perbankan saat ini masih bersifat situasional. “Mestinya kalau persoalan likuiditas bisa kita selesaikan, saya kira perbankan sudah bisa kembali normal, sehingga keinginan kita untuk mendorong sektor UMKM tetap jalan. Satu, dua bulan ke depan, saya kira perbankan sudah bisa normal kembali. Saat ini nuansa krisis masih terasa kental sekali,” kata Deputi Gubernur BI Muliawan D Hadad, di kampus UNS, Solo, akhir pekan kemarin. Ia mengatakan, ada kaitan erat antara krisis ekonomi di luar negeri dengan perlambatan pertumbuhan ekonomi makro di tanah air. “Pertumbuhan ekonomi saat ini memang mengalami sedikit pe-

nurunan. Dengan demikian, permintaan kredit juga akan sedikit turun,” ujarnya. Muliawan menambahkan, perlambatan ekonomi tersebut hanya bersifat temporal, hal itu tercermin dari September 2008 kemarin, kucuran kredit bagi sektor UMKM masih cukup tinggi. “Lebih separuh dari kredit yang dikucurkan pada bulan September itu, adalah untuk sektor UMKM,” ungkapnya. Menurut Deputi Gubernur BI Bidang Kebijakan Perbankan dan Stabilitas Keuangan ini, kredit perbankan saat ini telah mencapai Rp 1,500 triliun. Separuhnya dikucurkan ke sektor UMKM.

NET

Pertumbuhan ekonomi saat ini memang mengalami sedikit penurunan. Dengan demikian, permintaan kredit juga akan sedikit turun MULIAWAN D HADAD Deputi Gubernur BI

Lebih lanjut, ia mengatakan, dilihat dari permodalan bank yang relatif besar, bank masih mampu untuk menyalurkan tambahan kredit yang

cukup besar. “Bila hanya memperhitungkan SBI, kemampuan tambahan lending (peminjaman bank, Red) masih sebesar Rp 58 triliun,” tandasnya. Sementara, dalam dua bulan terakhir, suku bunga kredit pemilikan rumah (KPR) sudah naik 3-5 persen poin menjadi 14-16 persen per tahun. Banyak calon nasabah yang tadinya berharap bisa mencicil KPR dengan bunga murah harus kecewa dan terpaksa menunda. Tingginya biaya dana dan ketatnya likuiditas merupakan sejumlah faktor pendongkrak naiknya bunga KPR. Direktur Utama BTN Iqbal Latanro mengatakan, kenaikan bunga KPR merupakan dilema bagi perbankan. Jika tidak dinaikkan, bank akan merugi karena suku bunga dana, seperti deposito, juga naik hingga mencapai 12 persen. Namun, jika dinaikkan, kredit bermasalah berpotensi meningkat. (vvn/kps/ant)

Harga Solar Berpeluang Turun

ANTARA/REZZA ESTILY

BONEKA JEPANG - Dede (36), seorang pekerja mengecat boneka Jepang ‘Koekeshi’ di Bandung, Jawa Barat, kemarin. Boneka Jepang terbuat dari kayu pinus hasil limbah kontainer tersebut, dijual dengan harga Rp 15 ribu - Rp 500 ribu, dan telah dipasarkan ke Thailand, Korea, Filipina serta China.

MAGELANG, BPOST - Pemerintah telah menetapkan menurunkan harga premium sebesar Rp 500 rupiah dari semula Rp 6.000 menjadi Rp 5.500 per liter mulai 1 Desember mendatang. Pemerintah juga tak menutup kemungkinan menurunkan bahan bakar minyak (BBM) lainnya yakni solar dan minyak tanah. “Pasti, tapi semua keputusan nanti selalu dibahas. Sekarang kan premium sudah turun. Ada kemungkinan solar dan minyak tanah juga akan diturunkan,” ujar Meneg Perencanaan

Lelang Nomor Rekening Cantik

Kemasan James Bond

DI tengah ketatnya, bank dituntut mampu menjaga dan terus meningkatkan hubungan baik dengan para nasabah yang memiliki sikap loyalitas tinggi. Demikian disampaikan General Manager Bisnis Regional II PT Bank Bukopin Tbk, Aris Wahyudi, saat memberikan sambutan pada kegiatan consumer gathering, dengan nasabah Cabang Banjarmasin di Hotel Arum Kalimantan, Jumat (7/11) malam. Apalagi menurut Aris, kondisi perekonomian bangsa yang belum stabil akibat pengaruh krisis keuangan dunia, bank sebagai mitra nasabah harus memberikan pemahaman yang betul mengenai kondisi perbankan di tanah air. “Kami melakukan roadshow ke semua cabang, sebagai wujud apresiasi kepada nasabah selain itu juga mengkonfirmasi agar nasabah tidak panik menyikapi situasi krisis karena Bank Bukopin tetap eksis,” ucap Aris. Pada kegiatan itu Bank Bukopin juga melkakukan lelang beberapa nomor rekening cantik kepada nasabahnya. (ff/*)

COCA-Cola Company bekerjasama dengan produser film James Bond 007. Di saat seri terbaru film James Bond 007, Quantum of Solace diputar di bioskop-bioskop tanah air bulan ini, Coca-Cola juga meluncurkan kemasan khusus, CocaCola Zero Zero 7, kaleng dan botol. “Kami sangat antusias dengan kampanye Coca-Cola Zero Zero 7 ini. Karakter dan kepribadian James Bond yang berani menantang kebiasaan konvensional dan berusaha menjadikan yang tidak mungkin menjadi mungkin, sangat sesuai dengan tema Anything’s Possible yang selama ini diusung oleh Coca-Cola Zero,” kata Toni Darusman Marketing Manager Coca-Cola Trademark, PT Coca-Cola Indonesia, kemarin. (*)

DICARI Penyalur untuk memasarkan Bahan (Campuran) Penghemat BBM s/d 28%, merk "TYOLL" Dibawah pengawasan Challenge Development,inc (USA) Untuk daerah Kalselteng yang berminat hubungi :

Rusdiansyah Telp. 08125033434 atau 0511-3258627 Jl. Pramuka RT. 1 No. 1 B.masin (Samp. Jl. Hikmah Banua)

LOWONGAN PEKERJAAN Developer yang sedang berkembang di Banjarmasin membutuhkan : 4. Marketing 1. Manager Site 2. Sales Supervisor 5. Teknisi 6. Umum 3. Administrasi

Syarat :

Lamaran + CV ke

PT Global Golden Propertindo Jl. Kedoya Agave Blok A1 No.40 Jakarta 11520

Pembangunan Nasional/Kepala Bapenas Paskah Suzeta, di Magelang, Jateng, akhir pekan kemarin. Paskah mengatakan, keputusan penurunan harga BBM dilakukan melalui rapat kabinet yang dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Penurunan harga BBM, katanya, tentu melalui pengkajian secara seksama yang biasanya dilakukan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Purnomo Yusgiantoro serta Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Pengamat perminyakan, Kurtubi, mengatakan, pemerintah sekarang bisa menurunkan harga solar berdasarkan perhitungan-perhitungan yang ada. “Mestinya pemerintah sekarang bisa menurunkan harga solar, karena dengan harga minyak mentah di level 62 dolar AS per barel dan nilai tukar Rp10.000 per dolar AS, biaya pokok produksi solar menjadi Rp 5.000 per liter. Maka, harga solar bisa diturunkan Rp 500 per liter dari harga saat ini, Rp 5.500 per liter,” ujarnya. (inc/dt)


17

Banjarmasin Post SENIN

10 NOVEMBER 2008/ 12 ZULKAIDAH 1429 H

Polda Kalsel Polres Banjarbaru Polres Banjar UGD Ratu Zaleha

: : : :

4368571 4782885 4722659 4721686

BPK PLN Bandara Palang Merah

: : : :

113 4721035 4705277 4721151

Garuda City Link Mandala Mandala Lion

06.20 Wita 16.55 Wita 13.15 Wita 16.25 Wita 06.50 Wita

Jakarta Surabaya Surabaya Jogjakarta Jakarta

Wings Air Wings Air Wings Air Batavia Batavia

07.00 Wita 10.05 Wita 13.25 Wita 07.00 Wita 09.45 Wita

Surabaya Surabaya Surabaya Jakarta Balikpapan

Batavia Sriwijaya Sriwijaya Riau Air

14.35 Wita 07.00 Wita 13.15 Wita 07.30 Wita

Surabaya Surabaya Jakarta Kotabaru

Ratusan Buruh Pulang Kampung PALANGKA, BPOST - Jumlah penumpang KM Kirana III yang bertolak dari Pelabuhan Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) menuju Semarang, Jateng, Minggu pagi (9/11) terlihat lebih ramai. Sebagian besar penumpang yang diperkirakan mencapai ratusan orang adalah

karyawan salah satu perkebunan kelapa sawit setempat.

Tetap Usulkan UMP MESKI sektor industri di Kalteng sedang terpuruk akibat dampak krisis global, namun pemerintah daerah tetap berencana menaikkan Upah Minimum Provinsi (UMP) tahun depan. Usulan penaikan UMP Kalteng itu sudah disampaikan kepada Gubernur Kalteng sebelum nantinya diputuskan melalui Surat Keputusan Gubernur. Kepala Disnakertrans Provinsi Kalteng, HM Hatta mengatakan, usulan UMP berdasarkan rapat Dewan Pengupahan Provinsi yang di dalamnya melibatkan seluruh pihak terkait, termasuk perwakilan perusahaan dan karyawan. UMP nantinya akan menjadi acuan batas minimal bagi kabupaten/kota untuk menetapkan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK). “UMP 2009 sudah diusulkan sudah lama dibahas dan diusulkan ke gubernur Oktober lalu. Nanti besarnya ditetapkan seperti yang diusulkan atau dikurangi, itu nanti kewenangan Pak Gubernur,” kata Hatta. Penetapan UMP berpatokan pada kondisi pekerja (bujangan) dengan konsumsi minimal 3000 kalori per bulan. UMP Kalteng 2008 ditetapkan sebesar Rp 765.868, sedangkan UMP 2009 diusulkan sebesar Rp 888.408 per bulan. “Perlu diingat, bahwa upah minimun di kabupaten/kota tidak boleh dari UMP yang ditetapkan provinsi,” tegasnya. (mgb)

Para karyawan yang umumnya sebagai buruh kasar atau pekerja lapangan itu memilih pulang kampung setelah dirumahkan atau diliburkan oleh perusahaan mereka tanpa batas waktu yang jelas. Sebagian lagi bahkan mengaku telah terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) oleh perusahaan mereka. Sartejo (35), salah satu karyawan perkebunan kelapa sawit mengaku terpaksa pulang ke kampungnya di Porwodadi Jawa Tengah karena tidak ada lagi pekerjaan. “Pekerjaan lain tidak ada. Makanya lebih baik pulang dulu daripada tidak ada kejelasan di sini,” kata ayah dua anak yang mengaku baru tiga bulan bekerja di Sampit sebagai buruh harian lepas. Sartejo bersama ratusan pekerja lainnya terpaksa pulang ke kampung meski terasa berat karena belum bisa membawa hasil lumayan untuk anak dan istri mereka di kampung. Namun untuk bertahan di Sampit tanpa pekerjaan yang jelas, bagi mereka justru akan terasa jauh lebih berat. Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kotim, Juniardi yang dihubungi mengaku hingga kemarin belum ada laporan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) oleh perusahaan. Namun dia membenarkan salah satu perkebunan sawit yaitu PT Bangun Guna

Disediakan 600 Bus di Makkah nal Abidin Supi seperti dikutip dalam publikasi Depag RI. Di sekitar Masjidil Haram disediakan tiga pos pemberhentian, Pos A di Sulaimaniah, Pos B di Jiad, Pos C di Misfalah sebagai tempat berkumpulnya masing-masing jurusan. Di pemondokan jemaah haji disediakan 11 terminal dan 55 halte. “Armada yang disiapkan

600 bus, tapi tidak dioperasikan sekaligus untuk menghindari kemacetan. Itu dioperasikan secara bertahap pada jam-jam tertentu sesuai kebutuhan,” jelasnya. Operasional bus transportasi jemaah haji di Makkah meliputi dua katagori, sebelum wukuf di Arafah, mulai tanggal 16 Zulkaedah hingga Zulhijjah, dan sesudah wukuf dimulai satu hari setelah jemaah haji di Makkah tanggal 3 Muharam. (sar)

Data Calhaj Embarkasi Banjarmasin

ILUSTRASI/DERRY

BANJARBARU, BPOST Jemaah haji yang mendapat pondokan jauh seperti di wilayah Aziziah akan mendapat pengembalian selisih sewa pemondokan di tanah Suci Makkah. Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Makkah, Zaenal Abidin Supi pada Ta‘aruf dan Koordinasi Petugas Daerah Kerja Makkah dengan Muasassah Asia Tenggara di Wisma Haji sekaligus Kantor Daker Makkah menegaskan, pengembalian selisih sewa diperhitungkan berdasarkan besaran rata-rata per wilayah. Mengenai besaran uang yang diterima calhaj, masih belum dirinci. Total pemondokan yang disiapkan sebanyak 601 buah, terbagi dalam dua katagori. Ring I sebanyak 95 rumah dengan jarak maksimal 1,4 kilometer dengan harga sewa 2000 Riyal, tanpa uang pengembalian dan transportasi. Ring II , sebanyak 506 rumah dengan jarak 1,4-10 kilometer, disediakan transportasi dan selisih sewa pemondokan dikembalikan berdasarkan rata-rata per wilayah. Wilayah ring I meliputi, Sulaimaniah, Dahnatul Jin, Jumaizah, Ma‘abdah, Jabar Ka‘bah, Jarwal, Jarwal Taysir, Jarwal Gaslah, Hafair, Misfalah, Jiad Sud. Sedangkan ring II meliputi Bakhutmah, Aziziah Syissa, Aziziah Syimaliah, Aziziah Janubiah, Mahattat bank, Awali, Hijriah, Khalidiah, Ka‘kiah, Sauqiah, Nuzahah, Zahir, Sy, Sittin, Rusyaifah. “Khusus jamaah yang tinggal di ring II disediakan transportasi shuttle bus pulang pergi dari pemondokan ke Masjidil Haram,” beber Zai-

1. Disediakan 601 pondokan (95 rumah di ring I, 506 rumah ring II) 2. Jarak ring I, 1,4 kilometer, Ring II, 1,4 - 10 kilometer 3. Di sekitar Masjidil Haram disediakan tiga pos pemberhentian 4. Di pemondokan disediakan 11 terminal, 55 halte dan 600 bus 5. Keloter BDJ-04 (Kapuas, Palangka Raya, Seruyan) berangkat Senin 6. Minggu sore manasik haji, Minggu malam pembagian paspor dan gelang identitas

Keloter BDJ-04 Terbang SETELAH libur dua hari (Sabtu-Minggu), Senin ini Embarkasi Haji Banjarmasin kembali menerbangkan Calhaj keloter BDJ-04 (Kapuas, Palangkara, Seruyan). Sekretaris I PPIH Embarkasi Banjarmasin, Drs H Syukriansyah, menjelaskan, keloter BDJ-04 berangkat dengan jumlah lengkap, 274 orang. “Alhamdullillah, semua lancar. Keloter empat jumlahnya lengkap. Sedang posisi calhaj kita di Arab Saudi, tiga keloter sudah sampai dengan selamat,” ucapnya. Meski kedatangan calhaj keloter BDJ-04 di asrama haji dijadwalkan buka Minggu (9/11), namun sejak Sabtu (8/ 11) sudah ada yang datang. Calhaj dari Seruyan, datang Sabtu (8/11) siang, disusul Palangka Raya pukul 23.40 Wita, dan Kapuas pada Minggu pagi. Minggu sore, Calhaj akan dituntun manasik haji di asrama, disusul malam harinya pembagian paspor dan gelang identitas. (sar)

Jaya Agro (BGJA) telah merumahkan sekitar 900 karyawan sejak akhir Oktober lalu sampai kondisi perusahaan kembali membaik. “Karyawan yang pulang itu bisa saja mereka yang diliburkan atau mungkin juga diPHK. Tapi kalau di-PHK, kami belum menerima laporannya. Mereka yang diliburkan tetap mendapat uang tunggu oleh perusahaan, atau ada kesepakatan lain antara perusahaan dengan karyawan. Tapi kalau di-PHK maka tentu harus mendapat pesangon sesuai ketentuan yang ada,” katanya. Mereka yang dirumahkan sementara waktu itu, kata Juniardi, umumnya adalah karyawan yang statusnya karyawan lepas harian. Meski demikian, pihaknya telah menekankan kepada perusahaan agar karyawan yang masa kerjanya lebih dari tiga bulan tetap diberikan uang tunggu. Diakuinya, langkah tersebut dilakukan perusahaan untuk menekan pengeluaran selama harga sawit anjlok saat ini. Beberapa perusahaan juga telah menghentikan sistem lembur agar biaya operasional mereka dapat dikurangi. Juniardi menambahkan, pemerintah kabupaten telah membuat edaran berisi imbauan kepada seluruh perusahaan di daerah itu untuk menghindari adanya PHK. “Intinya diupayakan jangan sampai terjadi PHK, apalagi PHK massal. Kalau memang terpaksa, maka hak-hak karyawan seperti pesangon harus dipenuhi,” ujarnya. (mgb)

BANJARMASIN POST/APRIANOOR

PANEN DURIAN - Sejumlah pedagang sedang memindahkan buah durian dari kelotok untuk dibawa ke Pasar Pendopo Muara Teweh, Barito Utara Kalteng, Sabtu (9/11). Mereka mendatangkan buah itu dari Desa Sabuh, Barito Utara, dengan harga Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu per biji

Satu Bidan Tangani Tiga Desa BARABAI, BPOST - Persoalan kekurangan tenaga bidan desa di Hulu Sungai Tengah belum juga selesai. Sejumlah bidan desa yang bakal ditempatkan, ramai-ramai mengundurkan diri karena menolak ditempatkan di daerah terpencil. Plt Kepala Dinas Kesehatan HST, Zainal mengakui, dari 20 tenaga bidan desa yang direkrut periode 2008 untuk ditempatkan di 23 desa yang belum memiliki bidan, hanya delapan orang yang bersedia, sementara sisanya, 12 orang menolak tinggal di tempat kerjanya. “Faktor keamanan dan takut tinggal seorang diri menjadi alasan bidan enggan ting-

dan Rp 5 juta per bulan untuk dokter. Zainal menambahkan, banyaknya desa yang belum memiliki bidan menjadi salah satu penyebab masih tingginya kematian ibu dan bayi di Bumi Murakata. “Akibatnya, tidak sedikit pelayanan terhadap perempuan yang akan melahirkan terlambat. Karena pelayanan dari bidan kurang, akhirnya masyarakat mendatangi dukun beranak untuk membantu persalinan. Dampaknya, banyak persalinan yang tidak tertolong karena tidak ada bantuan tenaga kesehatan yang memadai,” katanya. Seluruh desa ini diperkira-

gal di desa,” katanya didampingi Kepala Puskesmas Barabai, Darmanto Sundary, Sabtu (8/11). Apalagi, mayoritas bidan baru lulus dari Akademi Kebidanan dan berusia muda. Orangtua bidan kerap khawatir dengan keamanan anaknya, sehingga meminta mereka berangkat kerja dari rumah masing-masing atau tinggal di kota. Padahal, lanjut Zainal, pihaknya telah menjanjikan tunjangan yang sangat besar bagi bidan desa yang bersedia ditempatkan di desa terpenci. Kabarnya, tunjangan yang diberikan sebesar Rp 2,5 juta per bulan untuk bidan

kan baru mendapatkan penempatan bidan desa sekitar lima tahun lagi. Penyebabnya, lulusan sekolah atau pendidikan kebidanan di Kalsel masih sangat terbatas. “Di Kalsel saat ini hanya ada beberapa akademi kebidanan, tiap tahunnya hanya mampu meluluskan beberapa puluh bidan saja. Makanya untuk memenuhi kebutuhan bidan desa tersebut agak lambat,” katanya. Sementara itu, untuk menanggulangi kekurangan tenaga bidan, satu orang bidan desa merangkap tugas hingga dua atau tiga desa sehingga penanganannya kurang maksimal. (arl)

Jabatan Danche di Ujung Tanduk PELAIHARI, BPOST - Jabatan bergengsi sebagai Ketua DPRD Tanah Laut yang dipegang HM Danche R Arsa di ujung tanduk. Anggota DPRD setempat telah mengusulkan pemberhentiannya, bahkan berkasnya telah dilayangkan ke Gubernur. Usulan pemberhentian tersebut disepakati anggota DPRD Tala pada rapat paripurna, Rabu (5/11). Namun rapat sempat tertunda tiga kali lantaran menunggu terpenuhinya kuorum. “Jadi, sekarang tinggal menunggu SK-nya dari Gubernur,” jelas Wakil Ketua DPRD Tala, Abdi Rahman dihubungi via telepon selular, Sabtu (8/11).

BPOST/ROY

■ Perusahaan Makin Terpuruk

Abdi Rahman SPd Wakil Ketua DPRD Tanah Laut

Ketua DPC Partai Bintang Reformasi Tala ini mengatakan, rapat pemberhentian tersebut merujuk pasal 15 huruf fPP 24/2004 tentang Pedoman Penyusun Tatib Dewan. Piranti hukum ini menyebut-

kan, pemberhentian terhadap pimpinan dewan dilakukan jika yang bersangkutan telah diganti dengan pengganti antarwaktu (PAW) dan diberhentikan dari partai pengusungnya. Sekadar diketahui, Danche beserta dua rekan sejawatnya yaitu HM Djadi dan Hardadi telah direcall partainya (DPD Golkar Tala) menyusul langkah ketiganya ‘lompat pagar ’ ke parpol lain dan menjadi caleg dari parpol itu. Danche dan Djadi menjadi caleg dari Partai Perjuangan Indonesia Baru, sedangkan Hardadi menjadi caleg PDIP. Berkas PAW ketiganya, oleh DPRD setempat telah diteruskan ke KPU Tala, Rabu

lalu. Dihubungi via telepon, dua hari lalu, anggota KPU Tala, Marzuki mengatakan, berkas itu segera diverifikasi. Merujuk PP 24/2005, sebenarnya anggota DPRD Tala bisa saja langsung menunjuk Plt Ketua pascarapat paripurna membahas usulan pemberhentian, Rabu lalu. Namun, jika SK Gubernur telah turun, jabatan Danche otomatis berakhir dan anggota DPRD Tala bisa memilih ketua yang baru. “Itu nanti ada dua pilihan, apakah langsung memilih ketua definitif atau menunjuk Plt ketua dulu. Selanjutnya Plt ketua mempersiapkan pemilihan ketua definitif,” beber Abdi. (roy)


bumi antasari 18 Kekeringan Ancam Petani Raden Banjarmasin Post SENIN

10 NOVEMBER 2008/ 12 ZULKAIDAH 1429 H

Pesangon Sekdes Belum Jelas an yang cukup besar. “Jika dihitung per PELAIHARI, BPOST - Sekretaris Desa orang, mungkin tak seberapa, tapi jika (Sekdes) di Kabupaten Tanah Laut bakal dikalikan puluhan Sekdes, tentu lumayan menyandang status PNS. Sebaliknya, besar,” kata Suriansyah. mereka yang tak memenuhi syarat harus Hal lain yang saat ini sedang dipertimbersabar menyusul ketidakjelasan pebangkan adalah upaya merekrut CPNS sangon dari Pemkab Tala. yang akan bertugas sebagai Sekdes. SeSampai sekarang, pemerintahan Bupati kadar diketahui, PP 45/2007 H Adriansyah belum menemenetapkan jabatan sekdes tapkan bentuk dan besaran diisi oleh PNS. Konsekuensikompensasi bagi para Seknya, seluruh Sekdes yang tak des yang tak memenuhi memenuhi syarat diangkat syarat diangkat menjadi menjadi PNS harus diberhenPNS tersebut. “Belum. Tetikan dengan diberi komrus terang kita belum merupensasi (uang pesangon). muskan hal itu,” jelas KePerekrutan CPNS yang pala Badan Kepegawaian akan ditugaskan sebagai SekDaerah (BKD) Tala Suriandes diakui Suriansyah bukan syah, Jumat (7/11) pekan hal mudah. Pasalnya, kecenlalu. derungan PNS enggan diPejabat eselon II di Bumi tempatkan di desa. Apalagi, Tuntung Pandang ini mecukup banyak desa di Tala ngatakan, pesangon terseyang berada di daerah terbut akan dibahas setelah pencil, terutama di wilayah pengangkatan Sekdes lainBPOST/ROY Kecamatan Kintap. nya yang memenuhi syarat Drs Suriansyah Kepala Badan Kepegawaian Terkait pengangkatan menjadi PNS selesai. Daerah (BKD) Kabupaten Sekdes menjadi PNS, beber Sekadar diketahui, meTanah Laut Suriansyah, sebanyak 34 orrujuk Peraturan Pemerinang yang diusulkan tahun 2007 lalu telah tah nomor 45 tahun 2007, pesangon terseselesai diproses oleh Badan Kepegawaian but wajib diberikan pemerintah daerah Nasional. “NIP nya sudah terbit, sekarang bagi para Sekdes yang tidak bisa diangkat tinggal penyerahannya ke Ditjen PMD menjadi PNS. PP itu mengatur prosedur Depdagri,” ucapnya. dan mekanisme pengangkatan Sekdes Selain mereka, masih ada lagi 12 orang menjadi PNS. yang diusulkan tahun 2008. “Yang ini Kompensasi disesuaikan dengan kemasih diproses di BKN. Kita tak tahu mampuan keuangan pemerintah daerah. apakah semuanya diangkat atau tidak,” Ketentuan standarnya Rp 1 juta per tahun ucap Lili. dengan rentang waktu paling lama lima Sekdes yang berhak diusulkan mentahun. Artinya, jika seorang Sekdes menjadi PNS adalah yang bertugas sebelum jabat lebih dari lima tahun, maka uang peOktober 2004 hingga sekarang secara tesangon yang diterima Rp 5 juta. rus-menerus tanpa terputus. Usianya Lili begitu Suriansyah biasa disapa maksimal 51 tahun saat terbitnya PP mengatakan, pesangon tersebut perlu 45/2007, dan memiliki ijazah SMA sedipertimbangkan secara komprehensif, derajat. (roy) karena dipastikan bakal menyedot anggar-

PELAIHARI, BPOST - Kekhawatiran gagal panen hingga sekarang masih menghantui para petani Desa Raden Kecamatan Kurau Tanah Laut (Tala). Mereka berharap Pemkab Tala segera membangunkan sumur bor guna mangatasi risiko kekeringan. “Kami di sini sangat membutuhkan sumur bor untuk menopang pengairan sawah. Setidaknya kami perlu tiga unit sumur,” sebut Tarmiji, petani Desa Raden, pekan lalu. Tokoh masyarakat Desa Raden itu mengatakan, persawahan yang ada di desanya seluruhnya bersifat tadah hujan. Selama ini musim kemarau selalu menjadi hal yang menakutkan petani karena seringkali menyebabkan menurunnya produksi, bahkan bisa puso atau gagal panen. Pengalaman paling pahit yang pernah dirasakan, pada kemarau panjang tahun 2005 dan 2007 lalu. Saat itu sebagian besar tanaman padi petani

di desanya tak menghasilkan apa-apa. Sebagian mati saat masih dalam fase pertumbuhan, sebagian lagi yang telah berbunga tak menuai bulir padi akibat kekurangan air. Saat ini sebagian petani Desa Raden mulai mempersiapkan lahan tanam kedua untuk jenis padi unggul (IR). Sebagian lainnya istirahat karena tak punya modal untuk tanam padi unggul tersebut. Modal yang ada akan digunakan untuk budidaya padi lokal pada bulan MaretApril mendatang. Tarmiji mengatakan, dirinya dan petani lainnya di Desa Raden tak berdaya menghadapi ancaman kekeringan yang selalu menghantui tiap tahun. Penggunaan mesin pompa air pun tak memungkinkan, karena air sungai se-

BPOST/ROY

Mas'ud Kepala Desa Raden

Tarmiji Tokoh Desa Raden

tempat juga surut. Selain itu, petani juga tidak mampu membelinya. “Satu-satunya solusi adalah adanya fasilitas sumur bor untuk menjamin pengairan pada musim kemarau. Karenanya kami sangat mengharapkan uluran tangan dari Pemkab Tala untuk membangunkan sarana vital itu,” tandas Kades Mas’ud. Jika pengairan tak lagi men-

jadi kendala, dipastikan produksi padi pun bakal meningkat. Saat ini rata-rata produksi per borong (1 ha=35 borong) hanya 8-9 blek (1 blek=15 kilogram). Padahal di beberapa desa lain di Kecamatan Kurau, seperti di Desa Handil Gayam, per borong bisa mencapai belasan blek. “Kami juga berharap suplai pupuk urea lancar,” katanya. (roy)

Harga Bibit Sawit Naik BATULICIN, BPOST - Anjloknya harga sawit akibat krisis global, ternyata tidak berdampak pada harga jual lahan sawit. Terbukti, harga lahan untuk budidaya sawit masih tetap mahal. Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun BPost, harga lahan sawit di Tanah Bumbu saat ini mencapai Rp 12 juta hingga Rp 24 juta per hektare dengan usia pohon sawit berkisar empat bulan. Untuk mencari lahan itu pun cukup sulit, karena pada umumnya warga enggan melepas lahan mereka. Simbolon (45), salah satu petani sawit di wilayah Tanah Bumbu mengungkapkan, meski para petani merasa terpukul

dengan anjloknya harga sawit beberapa hari terakhir, warga tetap tidak mau menjual lahannya. “Petani memang sempat pusing dengan anjloknya harga sawit, tapi mereka tetap bertahan. Buktinya, warga masih rajin mengelola lahan mereka,” ujarnya. Menurutnya, petani masih menganggap kelapa sawit sebagai primadona di Tanah Bumbu. Apalagi, saat ini harga biji sawit juga mulai naik dari Rp 300 per kilogram saat awal krisis global, menjadi Rp 500 hingga Rp 600 per kilogramnya. Harga itu jauh lebih murah dibanding harga bibit sawit sebelum terjadi krisis global yang mencapai Rp 1.500 per kilogram.

Dengan naiknya harga bibit sawit itu, petani makin optimistis harga sawit bakal kembali normal dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi. “Memang masih terhitung murah, tapi mulai ada kenaikan. Artinya, beberapa waktu lagi diprediksi kembali normal seperti semula, atau bahkan lebih mahal,” katanya. Petani sawit lainnya, Suriansyah mengaku tetap bertahan meski harga sawit anjlok pada level terendah selama beberapa tahun terakhir. “Sawit saya mulai berbuah. Jika saya ganti dengan tanaman lain, akan rugi karena akan keluar semakin banyak biaya,” ucapnya. (coi)


banua anam

19 Aktivitas Pasar Terganggu

■ Dua Toko di Blok I Terbakar AMUNTAI, BPOST- Musibah kebakaran Sabtu (8/11), pukul 20.00 Wita, meludeskan dua unit toko di lantai dasar Blok I Pasar Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU).

BANJARMASIN POST/APRIANOOR

BERBAHAYA - Rumah lanting (rumah terapung), di pingiran Sungai Barito, Jalan Panglima Batur, Muara Teweh, Barito Utara, Kalteng, Minggu (9/11). Kebanyakan rumah lanting di sana sudah berusia tua dan lapuk sehingga rawan ambruk dan membahayakan pemiliknya.

Edarkan Sabu ke Pekerja Tambang TANJUNG, BPOST - Mustafa Kamal alias Mumus (37) pasrah ketika diperiksa penyidik Unit Narkoba Polres Tabalong, Jumat (7/11). Ia ditangkap karena kedapatan membawa sembilan paket sabu, yang mencapai lima gram. Tertangkapnya warga Jalan Veteran, Gang Sepakat, Banjarmasin Timur itu, berawal saat Satuan Intelkam menerima informasi adanya seorang warga asal Banjarmasin yang kerap menjual sabu kepada sejumlah pekerja tambang batu bara di Tabalong. Setelah diketahui identitasnya, anggota yang dipimpin Kanit Gassus Intel-

kam, Brigadir Wahyudi berusaha membekuknya dengan menyamar sebagai pembeli. Mumus yang baru tiba dari Banjarmasin, Jumat (7/ 11), menggunakan angkutan umum, langsung dipantau oleh anggota yang berusaha menjalin komunikasi dan berpura-pura membeli satu paket kecil sabu. Mumus pun bersedia menyediakan sabu yang dipesan. Sesuai kesepakatan, transaksi di Jalan By Pass RT02, Desa Mabuun, Murung Pudak, sekitar 20.00 Wita Dia ditangkap setelah dipastikan barang bukti sabu ada ditangannya. (mdn)

Hingga kemarin aktivitas perdagangan di Pasar Amuntai terganggu. Pantauan BPost Minggu, (9/11), pedagang yang biasanya sudah melayani pembeli sejak pukul 09.00 Wita, kemarin masih sibuk membersihkan tokonya yang kemasukan air saat disemprot petugas pemadam kebakaran. Pagi kemarin pasar tampak kotor. Sejumlah pengunjung terpaksa hati-hati saat mengunjungi pasar itu, karena kondisi lantai basah dan

licin sehingga membuat pengunjung rawan tergelincir. Pihak PLN pun belum memperbaiki instalasi listrik di pasar Amuntai. Akibatnya suasana pasar menjadi gelap. Untuk menerangi toko pagi itu, pedagang terpaksa menggunakan genset atau lampu tabung. Sementara itu hasil penyelidikan aparat kepolisian, kebakaran diduga akibat arus pendek listrik. Ini setelah polisi memeriksa sejumlah saksi dan me-

Negara Dirugikan Rp 135 Juta ■ Korupsi Proyek Pot Segera Dilimpahkan KANDANGAN, BPOST- Proses penyidikan kasus dugaan korupsi pada proyek pengadaan pot tanaman tahun anggaran 2007 telah kelar. Saat ini Kejaksaan Negeri (Kejari) Kandangan sedang menyusun rencana dakwaan. Kepala Kejaksaan Negeri Kandangan, Gusti Bagus Sutrisna menyatakan pihaknya telah memeriksa saksi-saksi dan empat tersangka. Sekarang tinggal menunggu ekpose di Kejati sebelum diajukan ke pengadilan. “Jika pada ekspose di Kejati nanti berkas hasil penyi-

dikan dianggap sempurna, kasus ini siap kita limpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Kandangan,” ujarnya, Minggu (9/11). Hasil audit BPKP untuk menghitung pasti jumlah kerugian negara pada proyek senilai Rp 250 juta itu juga telah selesai. Berdasarkan perhitungan BPKP, sebut Kajari, kerugian negara akibat proyek ini sekitar Rp 135 juta. Pelimpahan berkas, rencananya dilakukan pada pertengahan November karena proses revisi diperkirakan berlangsung selama dua

minggu. Dalam kasus ini Kejari telah menetapkan empat tersangka yakni Kontraktor CV Krisna Kandangan, Tabri Adul, serta stafnya Taufik, pelaksana lapangan M Tarsih dan pemimpin proyek Samsidi. Keempat orang ini sebelumnya menjalani pemeriksaan oleh tim penyidik bersama tujuh Pegawai Negeri Sipil Dinas Lingkungan Hidup Tata Kota dan Pedesaan HSS lainnya. Selain itu kejaksaan juga memintai keterangan delapan orang lainnya termasuk Kepala Dinas, Syamsuardi.(arl)

Banjarmasin Post SENIN

10 NOVEMBER 2008/ 12 ZULKAIDAH 1429 H

ngumpulkan fakta di lapangan. “Kami masih melakukan penyelidikan. Jika akibat arus pendek listrik PLN akan kami peringatkan. Kita khawatir ada yang salah dalam instalasinya,” kata Kapolres HSU, AKBP Hermanto Kurnia. Sementara itu tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kemarin. Dua unit toko yang terbakar adalah milik H Madi (40) dan Norhidayah (22). Keduanya merupakan pedagang konveksi yang menempati blok I.21 dan blok I.22. Menurut informasi, api begitu saja muncul dan membesar. Petugas pemadam kebakaran sempat dibuat kewalahan akibat hawa panas dan asap tebal yang menyeruak dari balik pintu kedua toko yang terbakar. Namun kedua pintu toko yang terbakar itu

pun berhasil didobrak dan api yang masih menyala langsung disemprot dengan air. Petugas pemadam yang khawatir kalau api telah merembet ke toko lain yang berdekatan dengan titik api, terpaksa juga menyemprotkan air ke toko-toko tersebut. Pemilik toko pun harus merelakan barang dagangannya basah akibat disiram petugas pemadam dengan air. Selain barang-barangnya basah, sejumlah toko juga harus mengganti pintunya yang rusak setelah dibuka paksa petugas pemadam yang melihat kepulan asap juga terjadi di atas plafon toko tersebut. “Ini kejadian kedua setelah sekitar enam tahun yang lalu puluhan toko di lantai dua Pasar Amuntai terbakar,” tutur seorang pedagang. (yud)

Uang dan Emas Tak Terbakar PEMILIK toko I.21, H Madi yang semula datang dan melihat toko dan barang daganganya ludes tak tersisa, langsung pulang ke rumahnya. Dia syok dan tak mampu berlama-lama menyaksikan mata pencaharian keluarganya itu ludes. Sedangkan pemilik toko I.22, Norhidayah masih tegar, kendati rona muka sedih tampak dari wajahnya. Namun warga Sungai Malang RT 11 ini masih kuat mengais sisasisa barang dagangannya yang telah menjadi arang. Beberapa barang yang berhasil dia temukan dan tidak terbakar adalah sejumlah uang dan perhiasan emas yang tidak sempat dibawanya pulang. “Tidak ada firasat apa-apa, sore itu habis asar kami menutup toko dan pulang ke rumah. Tak tahunya saat beranjak mau tidur, ada kabar toko kami terbakar. Kami langsung ke sini,” kata Fatimah, ibu kandungnya Norhidayah. Mengenai kerugian, Fatimah belum bisa menaksir. Satu hal yang masih diingatnya, tiga hari sebelum kejadian, anaknya itu baru membeli barang di Banjarmasin. Biasanya sekali membeli barang paling sedikit habis Rp 10 juta. (yud)


20

Banjarmasin Post SENIN

10 NOVEMBER 2008 / 12 ZULKAIDAH 1429 H

BANJARMASIN LOWONGAN Terdahsyat! Kursus Montir Spd.Mtr cuma 2,5 bln dijamin bisa. LPK SEN TRAL TEKNIK BJM (0511) 7484750. 131008A

Dperlkn 5 org Marketing dibid. Fashion. Fas.gaji+transf+ kms,bns&karir min.SMP. Lmrn bw lsg ke Jl.Darma Bakti IV No.60 Rt.27 (0511) 3265091. 813059

Dcr. Kary/ti,Laki2 Bag.Lapangan, Wnt.Bag.ADM ,siap ditmptkan di wil.Kalsel, max.25th,SMA/sdrjt. Bw lmrn lsg ke Jl.Manggis No.12 Bjm. 823705

Dcr. ADM Keu.Wnt ,single max.30th SMEA/Akuntansi penglmn.min.1th. Krm berkas lkp ke PO.BOX 6/615 BJM. 1 mgg stlh ikl. 813965

Dcr. Sekretaris/Accounting/Admin/ Recept. pend.D3 s/d S1. Resept min. SMU. Lmrn antr ke Jl.Gatot Subroto 1 No.3 dr Tgl.5 s/d 8 Sabtu. Hub.085248844841.

DIKONTRAKKAN

DIJUAL MOBIL

HANDPHONE

JASA

RUPA-RUPA

RENTAL/CARTER

Dikontrakkan rmh dibelakang Toko Sumber Mutiara Aluminium Km 6.700 Rmh tk2 kayu Ulin Hub 08125010167/ 05113259379

Mbl Pribadi D.Espass ST ’96 Akhir silver met,ors.cat,msn ok,AC dbl,TR, VR,hrg.36,5jt nego. (0511) 6211941.

KAYU TANGI TECHNIC HW & SW: Service HP,Flash Unlock,SIM Not Valid Bb5/ N Series,HP Ver. China Miracle (Nokia K.Touch,Hi-Tech-i-Mobile dll). Hub.Jl. Adhyaksa No.9 Rt.35 samp.Kampz. UNISKA (0511) 7580123.

Terima Perbaikan Spring Bed,segala macam Sofa (ganti kain). Hub. 3351038/4368828.

Mau Jualan Tela-Tela? Tersedia Paket Tela-tela Bumbu-Kotak, ada bonusnya Lho! Hub 0511-4281882/ 08164566400

RIZKI RENT CAR sdg Kjg,Terios ,Xenia, Avanza 08,Innova 08 bs jam2an hran/blnan. (0511) 7766303/ 081351312790.

813243

Kost Putri Jl.A.Yani Km.8 Komp.Rina Karya Blok Aster No.13,dkt Jl.Raya. Fas.lkp.spring bed. Lmri AC/non AC. 081348113999/7710799. 813629

Digadaikan 50jt rmh kmr.3 (jk wkt 2th) ser tifikat. Komplek Rawasari 25. Hub.085251789853. 041108A

Rmh beton kramik kmr.3 hal luas (cck utk ktr) Jl.Gunungsari Ujung No.46 hrg.Rp 15jt/th. Hub.085251789853. 041108B

Terima Kost Putri Jl.Komp.Cempaka Putih (Kuripan) Dpn.Gg.Limau No.70 Rt.9 . Hub. 081351125579/3254104. 823999

Rmh+isi+prbtnya,3KT,AC di K.Tangi II Jalur V No.14 Rt.20 Bjm . Hub. (0511) 7251316/0811109910.

813974

824005

Dcr.sgr 1 org utk Salon Mbl,1 org utk cuci mbl . Syrt:jjr,punya SIM B,ber peng lmn,usia max.25th. Hub. 7466980.

Dijual/dikontrakkan Ruko Km.1 s/d 9 & Kampung Melayu . Hub. (0511) 6143709/4365031. 824174

051108C

Dcr.sgr Accounting , Wnt,SMA, menguasai Komp.Akuntansi,Sopir, pny.Spd.Mtr,jujur,rajin. Krm ke Lucky Bangunan Ps.Baru 3353104. 824058

Dicari Sopir berpengalaman, SIM B1/ A. Kirim ke PO.BO.BOX 566. 824064

Dcr.sgr Teknisi Variasi & Accesories Mobil berpglmn utk ditmptkn Marta pura. Hub.Tiga Putra Motor 08115006010. 824121

Dibthkan Tekh.AC d’tmkn bpglmn,mtr send.min.SMU/STM,gj 1jt/bln. Krm lmrn secptnya ke CV.Atha Tekhnik Sejahtera Jl.TTD Rt.29 No.114. 824157

Dcr. Kasir,Karyawati utk Salon Valencia pulang kerja jam 06.00 sore. Hub. 7480201. 824167

Dcr. Karyawati utk Toko,min.lulusan SMA. Lmrn langsung ke Jl.Haryono MT No.30. 071108B

Dibthkan Score Girl (Wnt) & Cleaning Service . Lsg antar ke GG1001 Bilyard Jl.Hasan Basri 2/3/4 Rt.18. 071108F

Dcr. Karywn u/ADM min.D3. Krm lmrn ke Jl.Pramuka No.9 Rt.21 seb.Bengkel Anugerah. Plg lmbt 7 hari stlh iklan. 824231

Tenaga Ahli Understil: Per,Baljoin, Kopling,Tierod dll utk Truck,Tronton. Hub. 7329237. 824234

Dcr Desain Grafis u/percetakan, ber penglmn. Lmr n bw lgsg ke Percetakan Roswyda Jl Pasar Lama No1 3354729/0811505040 081108F

Dcr Pembantu Yg Rajin & Sabar , mau menginap, jujur Hub 0813 48334577 081108H

Dcr Adm Wnt Single min SMU Bs Komputer. Kirim lamaran ke UD Kaerbi Jl A Yani Km5,8 Ruko No.24 Bjm 091108B

Dibthkan Sgr 1.Adm Penjualan , Adm Piutang, Accounting (mengerti pajak & Komp) Laporan uang : Wnt, D3/sdrjt, penglmn min 3th 2.Drafter 3D Max & Cad Interior 3.Sales Marketing penglmn bid bahan bangnn, min D3. Lmrn lkp ke POBOX 648 Bjm. Plng lmbt 1mgg stlh iklan. 091108E

Persh BR melamar hr ini besok kerja u/ditempatkan pd posisi Distributor 50orng, ADM 3, Gudang 5, Ass Manager 5, SPV 15, Min SMP/sdrjt. Pela mar luar kt ada mess. Bawa lamaran anda ke Jl A Yani Km8 Kmop Palapan Permai H84 Bjm jam 10-15 wita setiap hr, low tutup 1 mgg stlh iklan terbit. 091108H

Dcr Mahasiswa/i utk jaga Ponsel/ Wartel jam 13-22 wita max 23th u/pria lbh diutmkan punya SIM C, lbh baik bs komp Hub Bp Ar y Jl Veteran 7655050 No SMS 091108I

DIJUAL RUMAH Dlm rangka HUT ke-VI PT.Griya Persada Permai Jl.Trans Kalsel-teng, H.Bakti, km twr kan RSH T42/ 120m2,DP 1jt,Rp 256.660/bln. Hub.Ktr Pemasaran kami (0511) 7300328/7314771/7404698/6242150.

DIJUAL TANAH Djl.tnh pinggir Jl.A.Yani Km.11 , SHM Lt.18x31 cocok utk Ruko Hub.0813 51887660. 812588

Djl.cpt tnh Plasma Sawit (SHM & segel) lok.Kab.Banjar. Stock terbatas. 081348739845/7337234. 812781

Tnh uk.31,8mxP.352,5 (SHM) pggr jl. Jl.A.Yani Km.12.200 Gambut . Berminat Hub.AYU (0511) 3360088. 812811

Djl.tanah Jl.S.Parman/A.Yani/Km.7/ Km.9/Km.11/Km.17 . Hub.0813 51347447/7439550 TP. 812884

Dibuka lg kav.baru uk.10x22 Um.200rb ccl 100/bln Jl.Brigjen H.Hasan Basri Km.13 Rt.8 Handil Bakti CV.Mitra Syariah 7750106-7462551-081349041718.

813605

Permhn T.36=90jt T.42=100jt Lt.10x20 Um ringan hrg.nego di Km.8,2 msk Manarap . Hub.081349770768. 813645

Tnh+rmh dipinggir Jl.Yos Sudarso Lt.13,2xP29m hrg.nego. Hub. 7404649. 813624

Cash & krdt T.56/16;77/170,proses cpt & mudah Komp.H.Iyus Jl.S.Adam . Hub. 7433485/08164569217/4315551. 823674

Djl.rmh Jl.Pramuka Gg.Delima Lt.311 m2,4KT,2KM,SHM hrg.nego. Hub. (0511) 3255869/081916202221/ 7529288. 813927

Rmh permanen Lt/Lb.288/100 SHM, PDAM,PLN,Hook Jl.Raga Buana Rt.20 No.27 Tembus Perumnas Kayu Tangi hrg.Rp 175jt nego. Hub.0819 33794422/ (0511) 3301060 TP. 823951

Djl.r mh+tnh Jl.Bumi Mas Raya Komp.Bumi Ayu Bjm SHM,hrg.nego. Hub. (0511) 7769263/7632873.

824178

Ovr krdt/cash Escudo 2.0 Th.01 hijau bamban,full Var,orisinil,122jt (trmsk kreditnya) 081351792891/ 7562214. 824193

Szk Escudo ‘94 Biru met fas lkp AC Mp3/VCD Audio VR CR (Pjk 1 th) Hrg Nego Bisa TT Hub 08125025253/ 7372233 081108B

Dijual Cpt Visto th 2002 Akhir Full variasi pakai Audio wrn Aqua Blue banjar asli Hub 0511-6245528-7332189 081108D

Kijang Krista ‘97 , Kjg PU 04, Escudo 95 & 99, Sidekick 96 Hrg Partai Showroom Madinah 0511-7417022 091108J

DIJUAL SPD MOTOR Djl CVR Body + Knalpot undertail , ko ndom arm + spatbor klng utk Ninja 250R hrg nego Hub 081348399118.

813636

Tnh L.2Ha Jl.Handil Bakti Ray 7 +/800m dr jl.raya cck u/kavlingan hrg.4rb/m2 nego. Hub. (0511) 3268463/08152131411. 813665

Djl.tnh uk.20,5x35m2 Jl.Mangga IV Manggis (Blkg.Poltabes) hrg.nego. (0511) 3255869/ 081916202221/ 7529288. 813925

Cpt tnh pinggir Jl.A.Yani Km.70 luas 3Ha,lbh cocok utk Stockpile/ SPBU,hrg.nego. (0511) 6249611. 824002

Djl.cpt sebid.tnh L.98m2,P.138m2 di pinggir Jl.Lingk.Utara Sei.Tabuk Rp 8,5jt/nego. Hub.081348234678. 824055

Djl.tanah Jl.Veteran L.1825m2. Hub. (0511) 3268844 tanpa perantara. 824085

Tnh datar siap bangun,pggr jln Bundar L.Anggang arah Pelaihari uk.10x50m=110jt. Hub.08129726673. 824149

Djl.tnh rmh strategis dkt Trisakti 1800m2 cocok utk Ruko,kantor. 081952014900. 814155

Djl.tanah di Komp.Banjar Indah Permai Jl.Ramin uk.17x30m serius Hub. 085251172227. 824192

Dijl sebidang tanah luas 4.693M2 Lkp SHM Lok Desa Bentok Kampung Kec. Bati-Bati Kab Tanah Laut Hub 081953782814 Hrg Nego 824265

DIJUAL MOBIL

191008-I

Avanza G th 2004 Biru met Full variasi body kaleng mulus harga 118,5jt Nego Cash/kredit Hub 7535899/6212000/ 081349573777 813129

Carry Futura Th.’94 hijau met,Tape, terawat,siap pakai,hrg.Rp 33,5jt/nego. Hub. 7315197.

813556

Mbl.Strada Th.2005 putih,siap pakai pjk baru diisi Rp 185jt/nego. Hub. 0811501842. 813670

BMW X5 3000cc Th.’02 Plat B (Jkt) wrn hitam,ban baru,Km.100rb-an,bln Juli,hrg.nego. Hub. 7726655. 813727

BMW ’94 320i merah hati,mls& ist& over krdt Kuda Diamon ’03 sdh 15 bln. Ass AllRisk hrg.nego. 085251596776. 813811

Avanza G 2004 kuning met asli banjar DA VIP Hrg 119Jt Nego Hub 05117418289. 813835

Honda CRV ‘05 wrn coklat muda met.asli Bjm tgn.1 sprt baru Km.8rb hrg.nego. Hub.08125051555. 813680

Kijang LGX Th.2000 1.8 lengkap siap pakai. Hub. (0511) 7602279 maaf TP. 041108G

Ready Stock New Jazz Type S Th.2008 putih 100% baru,hrg.180jt nego,cash/krdt. 7535899/6212000/ 081349573777. 813948

Xenia Li Sporty ’06/’07 ,silver,KM rendah,tdk mengecewakan,hrg.112,5jt nego,cash/krdt 75358/6212000/ 081349573777. 813945

Dijual Mobil Kijang Grand Th,’96 . Hub.081351012244/081253771345.

823998

813983

Djl.rmh Perm.fas.PLN, PDAM,Telp .Lt.720m2 Jl.A.Yani Km.5,5 hrg.nego. Hub. 0811507521 TP.

Suzuki Baleno Next G 11/04 mdl baru htm met.Audio VR14 kond.bgs Pjk pjg. Hub. (0511) 9074184 nego.

812575

MANDALA CELLULAR , Melayani partai & eceran Accesories, Spare part, Voucher & HP Jl.A.Yani Km.31 Guntung Payung Spg.Zipur. 4777605. 812686

Flx7104999,5999,6278999,7 630888,6177000,6205000, 6213000 ,6206206, 6235235,7664466,4477 ,7755,7352345,7070707S i m p 081251077777, 37777,3456, 001111, 0 0 8 8 8 8 , 0 0 9 9 9 9 , 0 1 0 0 0 0 Hub085251687878 812752

6111666-6111888/7111333s/d7111888/ 7100777-888-2000-6000/6133000-777-888/ 6233888-999/6277888-8000/6211999-8000/ 7147000-6789/081251000111-123456131313-030000-70000-25555-7777081348474645-343434/08525146666648260000-270000-308888-289999 Hub085251377777 Dual Simcard solusi 1 HP 2 Nomr tnp hrs.bongkar casing Ponsel. Hub. 4315000-081348004900 (http:// dualsimcard.blogdetik.com) 813390

Honda Legenda Th.2001 pajak 1th, harga Rp 3,8jt pas. Hub. 6168269.

MENTARI PHONE Spes.Service= PDA HP,Satellite/GPS,semua jns krskn,garansi,terjamin 100%.Hub. (0511) 4367136/7417779.

051108

Szk Spin 125 SR Th.2007 wrn htm Rp 10jt/nego. Hub. (0511) 6136458/ 08164562674. 824084

Honda New CBR 150R Th.2008 merah,biru,hitam,ready stock. Hub. (0511) 7681983/6266767/7351958. 824063

Djl. Suzuki Smash Cakram Th.2006 . Hub.081348002121 TP.

071108-B

PELUANG BISNIS

813663

Krisis? Anda bingung mnmbh pendptn. Solusinya? jdkn no.HP anda menjdi My Tronik,All Oprtr kami. Tnp biaya adm,mdl ringan,cpt,24 jam,jrng gangguan ,komplain gmpng,cek saldo grts,trx grts (fren). Hub. SELL SHOP 3257127, 3270142,9028000,08195102700 atau di dealer My Tronik di sel Kalimantan. 813558

THOMASINDO ALL OPRTR Real Time,Reply ada SN asli,Kios/XL/ Sev,dll & nama anda. Sprt mmlk Server send. 085251876488. 813731

Dptkan pnghsln tambahan dgn bergabung di DBS . By.aktivasi pendftrn 200rb. Hub. 0511-7703077 020708C

INVESTASI DINAR IRAK sedia set 41.800 & pecahan. Kami termurah. Buktikan. Hub. 7666555/9277781. 812352

Peluang bisnis u/nambah penghsln dg produk MELILEA : Susu kedelai organik,Juice organik,Green field organik & produk kecantikan Herbal dg sistem bonus dolar (US$). Hub.Yanor HP.081349783737-08195187077(0511) 7240667. 813626

Aku 56th Pensiunan dr Persh.Skala Nas.brpglmn dlm MGMT Logistik & SDM serta Penerapan System MGT terkenal spt MKT,TQC,SAP, CM, Balance Scorecard dll. Ingin bergabung & sharing dg Perush/pribadi yg bth referensi/sdg dlm penyusunan Jobdes,TKO/TKI,SOP,Peratura n Persh,materi presentasi,dll. Hub. 0813.4828.9398/0813.9276.6667. 813725

DINAR IRAK . Distributor resmi dr importir. Cetakan Th.’08. MF pembelian ditmpt lain bkn tggjwb importir. Call 7425090. 031108A

Mau jd Agen Pulsa Elektronik All Operator? Gabung segera di XP server. Hub.085251717333. 041108M

Program Investasi Cerdas... klik a j a d i w w w. t u g u - m o n a s . c o m / ?id=freelife 824054

Avanza G VVTi Th06/07/08 Baru Hitam, Hijau, Blue Aqua, Silver. Jazz Vtec ’07 Hub Showroom H Amiruddin 0511-7453538 / 3265383.

SYITI SCUDETTO Accesories,spare part,Jafs,UFS3,Setool,Cruesed & member Update. Trm servis Hub. 7376676 Jl.Pekapuran samp.Tiara Ponsel.

011108-A

813128

Djl.tnh Ls.896m2 Jl.Hikmah Banua Pal.6 Bjm . Hub.08125033633 hrg.Rp 300rb/m2.

812158

823120

Djl.tnh SHM pinggir Jl.Tol Lingkar Selatan Km.17 L.85xP272m hrg.85rb/ m2 nego. 7337234/081348739845.

Suzuki 5X-over hitam baru manual cakram double+kaca film hrg.nego. Hub. (0511) 7480481.

813568

4 unit Dump Truck FE 74-125 PS Th.2008 baru ready siap pakai hrg.nego. Hub.08115002065.

071108E

Rmh etnik T.100 Up uk.tnh 20x15m2 lkp peraltan kmr mandi,teralis,hrg.500jt nego Komp.Banjar Indah Permai . hub.0813 51928799 (SMS) (0511) 7377054.

Rmh T.140/175m2 Jl.Jafri Zam-zam Komp.PLN (LLASDP) No.139 Rt.49 Bjm . Fas.lkp 08125033633.

824171

Shogun 125 R ’04/05 Biru & Honda Supra X 125 D Biru putih Hrg Nego Hub 0511-3356502/3365439

813348

Rmh pggr Jl.Kapt.Piere Tendean No.53 Rt.1 Bjm L.384m2 hrg.nego (TP). Hub.085231002770/085753128860.

824154

Kijang Krista Th.’97 hijau metalik (istimewa) Rp 105jt (nego). Hub. 7410310 (TP).

812901

812757

813229

824142

Suzuki Katana ‘91 hitam Tape,AC, Variasi,harga Rp 34jt nego. Hub.0813 51580779.

Pengen Pulsa Gratis , bergabung! DBS,Bisnis terdahsyat th ini (0511) 7494464/081349596190. Kdng 0815 28809139, Tnjg 08125022812, Kotabaru 08125090977, Negara 08125050212, Banjarbaru 085251724187.

CHIP MKios hrg.Sim 5=5900, AS 5=6000 pengisian bisa tiap hari (terbatas). Hub. 7682142. 071108D

Isi As/SImpati ckp tekan *212* No Tujuan*Yes(gratis SMS) As 5=6rb, S5=5,750 Jl Nagasari (Djok Mentaya) Gg Guntur Rt17 No10 tidak ada target, mendline 250/TRX 085651336666 091108C

Gadai HP Praktis & murah, jual/beli & servis HP, Permata Ponsel Jl Veteran (Sebr Prima Vision) Hub 7580087/ 081351912232 091108D

Mrh & Baru 1 set alat servis HP Rp1,7jt. UFS3"Tor nado”, Blower, P.Suply, V.Cleaner, Multimtr Digtl & Man Hub 085248471266 091108F

CV. SENTRAL AC Bkr pasang, service,perb.AC rmh & ktr,semua merk AC. Hub. 7408439/08125057997. 816305

BINTANG TEKNIK Spesialis (pang gilan) serv bongkar/psg AC rmh/ktr, kulkas, M.Cuci & rental organ tunggal+pny+ Sound 7761825/085251085330 810294

Perlu dana cepat buat modal usaha segera jaminkan BPKB Mobil/Motor di PT.BFI FINANCE Indonesia,Tbk. Jl.A.Yani Km.2,5 No.86C Banjarmasin (0511) 3256398,3256398, 3256339, 6104338 Dana Beres-Usaha Sukses. 810888

CHEAP WOSS . Kinclong & gesit. Jasa cuci setrika. Pahe 5kg=20rb (10x gratis 1 pahe)/kg 5rb. Siap antar-jmpt.Hub. (0511) 9110522/081347025002. 811507

SERVICE KOMP. jaringan,kursus privat & pemesanan Software Database siap pakai u/Minimarket,Tk.Ponsel,Rest. 7729838. 811624

Bisnis Baru!!! Modal 500rb & ajak 3 tmn bs jadi JUTAWAN, tdk hrs jualan. Raiih Promo Laptop & bonus 30 HP utk 30 sc pertama yg join bln ini. Info: (0511) 6150546/087815537388/ www.green-vit.com

Awas Musim DBD!! Hindar kan keluarga Anda dr gigitan nyamuk. Hub.CV.TRIPUDA (0511) 6229287/ 3358009 Spesialis Pest Control (nyamuk,tikus,rayap) dll.

Dptkan penghasilan Rp 3-9jt/bln klik http://tinyurI.com/52rx2y.isikan nama & Email. DIJAMIN!!! 824205

Mau jd Agen Pulsa All Operator? . Hub.sgr P3T (Pst Pj Pls termurah). Jl.Skip Lama 25 Bjm. HP.0878 1616 1917/087815385768 By.Aplikasi 10rb.

812006

NA-NIA PRINTING melayani cetak: Undangan Perkawinan, Nota,Brosur, Kop Surat,Kalender dll. Hub. (0511) 9058050/7762070. “Pesanan diambil dan diantar”. 812210

TEKNIK ELEKTRONIK menerima panggilan perbaikan TV,Tape,VCD, DVD,PS1,PS2,dll.Hub. (0511) 7406535/08152115733.

824240

812315

DBS DAHSYAT!! by pendaftaran 200rb utk hak usaha keagenan pulsa (Call Operator). Hub. (0511) 7703077.

RF LAUNDRY Jasa cuci & setrika 6000/kg mlyni cuci blnan antr jmput gratis djmin bersih & wangi. 4311716/6152667.

081108A

812370

KOMPUTER SURABAYACOM , Spesialist Printer, infus,ser vis & aksesoris Bjm. 3356985.Kdgn: 22772. Barabai 43668. 816830

Jual mcm2 CD/DVD Blank hrg.murah, kotak CD/DVD,Photo-Glossy,InkJetpaper. Mlyni partai&eceran,transfer VCD&DVD. TOTO/JAYA DISC COMP 3267668/7712688. 811996

Djl. CD/DVD Blank ,kotak,label,kertas Fuji dll.hrg.Ok. Hub. (0511) 7751313 (Bjm)/4774174 (Bjb). 812381

Internet murah di rumah , Unlimited/ sepuasnya 199rb/bln. 512kbps. www.bagusnet.net.id 3265328. 812442

SERVICE KOMPUTER : Tehnisi ke rmh Anda. Hanya Rp 50rb lbh praktis, mrh & bergaransi. Hub.081351144123/ (0511) 6207123. 812474

Garansi!! Refill HP 21,27 Rp 25000, 22,28 Rp 45000,PG 40 Rp 27000, CL 41 Rp 45000, EPSON T0491 Rp 27500, ADAN COMPUTER 7338818.

Melayani Pembuatan Kapal TugboatTongkang-LCT Angkutan BBM Pertamina via sungai 7516989/0811506446. 812416

BAGUS LAUNDRY Cuci & Setrika Rp 7000/kg. Buka tiap hari 06.00-21.00 antar jemput gratis. (0511) 7462982. 812766

CV.MITRA AC Servics Repair Freon bkar/psg AC rmh/ktr sgl merk garansi. Hub. 7071000/081349323999. 812983

Menerima Massage Tradisional Jawa asli juga menerima Massage body Scrub & llr refleksi. Hub.Atik (0511) 6184344 No.SMS. 813043

TARYO TECHNIK Servis ditempat, TV,Kulkas,AC,Mesin Cuci, Dis penser, dll.Hub. (0511) 7602132/4228566. 813193

BIKIN ATRIBUT PEMILU Kaos+Sbln 6000/lbr,Kalender Photo. Caleg 1300/ lbr Bendera 3700/lbr,Dgt. Printing 28.500/m,Sticker 400/lbr,dll. Berkualitas & berpenglmn. Hub. (0511) 6100123 ATRIBUT COLLECTION Jl.Skip LamaBjm 5A.

824148

824024

813547

Rmh SHM Lt.270m,Lb.60m,ada bengkel sdh urug,pgr. Fas,PLN,Telp, PDAM Jl.Raya AMD XII No.81, Pemurus Dalam (SMP 19) . Hub.085251229911/ 7475522 (TP).

Nissan Frontier ‘02 silver met.harga Rp 59.99999 (nego). Hub.0852 49699099.

APPLE COM 3252174 P4-2.0/256/ 30/MM+17"-1600. P3-1000/128/10/ MM+17"=1200. Mon 17" Flat HDD 40,30,20 6B.

Anda capek, Terapi Massage solusi nya,trsdia:Facial,Creambath,Llr.Hub.Yana.S (0511) 6245306. Kami dtg tdk SMS.

813702

AHLINYA WC MAMPET Sal.Air Wstafel,Betup,Cuci piring,Septitank ,dll. Grnsi tanpa bongkar,bikin sumur bor. (0511) 7255533.

824170

Rmh Jl.S.Adam Mandiri IV/BIV/132 uk.10x15. Fas.lkp,PDAM, PLN,hrg. nego. Hub.085821079000 TP. 824232

Djl.cpt rmh 3KT+AC&Rmh Mkn 14 Lesehan,Lt.716m2 Jl.Sultan Adam Komp.Madani . Fas.Telp,PDAM,PLN. 3305794,hrg.nego. 824245

Rmh Jl Bumi Mas Raya Komp Bumi Jaya Lt200m2, LB75m2 2KT 1KM SHM Hrg Nego Hub 0511-7751341/3253542 081108G

824062

Katana GX Th.2001 Rp 57jt nego, Avanza E ’06 Rp 120jt nego. K2 asli Banjar. 7606066/6218009. 824027

Jual Tyt Fortuner Tipe V ‘07 posisi mbl dpn Ktr Catatan Sipil Jl.Jafri Zamzam No.17A Rt.51 Bjm. 824111

Over kredit Carnival ‘01 hitam VR,AC,Tape Jl 16 bln angsuran 2,4jt/ bln hrg.45jt. Hub. 7333853. 824117

Taruna CSX Th.2000 Akhir merah silver,PW,PS,mulus,terawat,hrg.nego. 085821097895. 824098

DIKONTRAKKAN Dikontr.rmh Komp.Bunyamin Permai 1 . Fas.lkp+perabot 4KT. Hub.0811 502074/0811514447. 812166

Over krdt Panther Hi Grade Th99/00 . Merah Met, orsnl bd klng lkp + CD, VR asli Bjr 35jt Nego Angs 3,8jt x 21 Bln 7416023. 041108-B

GAMES Komputer Anime, PS3, XBox,Dokumenter terbaik, Farcryz, Mike Tyson, Megaloman, terbaru & lengkap bisa Request 7768022. 011108-I

PELMA P4/256/20GB/CD/17"=1,5jt P3-933+17"=1,2jt Mon 17" 400rb HD 20/40 DDR SDRAM VGA SC FD.Hub. 7429944. 813837

Paket Komptr Gamers=2 jt-an,Core 2 Duo=3 jt-an,Laptop Acer,Toshiba, Axioo,dll. Harga Distributor . Hub.CV.MUSTECH JAYA-COMP (0511) 7330089-081351438795.

813302

813378

813508

SERVICE PANGGIL Grs,Generator, TV,VCD,Radar,SSB,Kulkas,Ins.Listrik dll. Hub. (0511) 3363164. 813542

AUDIO ELEKTRONIK spesialis service TV,mesin cuci (panggilan). Hub. (0511) 7416077/08125035225. 813667

PIJAT TRADISIONAL JAWA khusus panggilan tidak menyediakan tempat. Hub.Lisye (0511) 6150250.

813873

813746

Siap melayani Rent Laptop/PC,LCD Proyektor perjam/hari/mgguan/blnan. Hub. (0511) 7428124 No.SMS.

MAMA LAUNDRY jasa cuci & setrika garansi wangi bersih rapi,cpt selesai Rp 6500/kg antar+jemput gratis.Hub. 3361244/SMS 08115002661.

824118

Djl/dikontrkn bgunan tp Jl.Raya Hdl Bakti cck u/rmh mkn,kantor,mess. Fas.lkp. Hub.lkp. Hub.0811511911 TP.

2 unit Ford Ranger 4x4 LT Dbl garden ‘02 Putih fas lkp. Taft Indp 4x4 ’01 Abu2 Met, ban br Hub 7426759 / 08125018455.

Servis/perbaikan & infus Printer, Refill .Infus IP1880/1980=180rb murah. (0511) 7326029/ 085251822522.

812724

041108-C

824140

824011

824284

824161

SUSU Kesehatan Naco IgG Plus jadi member baru / stokis & M Stokis Hub FAHRUL 7308543/7406606

CAKRAWALA Innova,Avanza, APV,Terios,Alpard,Mercy,Triton,LCruiser,Hammer. 7505450/ 08115004506/081528233779.

071108-C

824237

ELEKTRONIK

HOME PLAZA Design-RenovasiBangun baru,rumah tinggal,perkan toran & Hotel. Hub.Ir.Adi 7420002.

Jual beli,tkr tbh,service & prwtn PS One,PSX,PS2,PS3,PSP,X-Box,Box 350,Game Boy,Stick+isi Games:PS2, PS3,PSP,NDS Lite,X-Box,Film,lagu &foto,Upgrade & Down Grade, Service,bs ditgg.Hub. 7573838, 7248134,4431547.

824099

812615

AZAHRA & TASYA Video Shooting bermacam2 acara melayani transfer & edit. Hub. (0511) 7374442 & 7459137.

OMEGA GAMES Jual-beli rskbaik,TV,HP,dibeli PS1-225,Psslim7 5 0 r b, P S DV D - 1 j t , P S H D D 1,5jt.Djl.PS1-450rb,PSSlim-1.450rb PSDVD 1600rb.PSHDD-2.500rb.PSP Slim 2300. Bs diantar ke rmh. 7667787/085750111111.

“CITRA SERVICE” AC,AC Mobil,AC Alat Berat,Kulkas,M.Cuci, Dispenser. Hub. 7418558/08125050198. 824070

824129

DANY TEKNIK panggilan service AC,Kulkas,Mesin Cuci. Hub. (0511) 7513468. 824131

Melayani perbaikan sgl jns mbl Bensin/Diesel spt: rem,kampas kop,mesin dll bs dipanggil. Hub.Hamid 081953431888. 824144

PIJAT TRADISIONAL JAWA body scrub,gurah organ kwntaan tdk mnrm SMS,wil.Bjm bs dipggl. (0511) 7643777 (Wiwik) 081351976859. 824150

Menerima antar jemput anak sekolah pakai sepeda motor. Hub. (0511) 3302585. 824153

KURSUS Ingin Anak Cepat Pintar? miliki kunci berhitung tercepat di dunia hrg.20rb. Hub. 7515123/081349794123. 812473

KURSUS pot.rambut Rp 3jt ,cuci muka 2,5jt,jilbab kreasi 500rb,make-up 2jt,terapi telinga lilin. Jl.Cemara Raya K.Tangi (dpn Puskesmas K.Tangi) 3305653/081351993174. 812729

LPK MULAWARMAN Kursus menge mudi mbl hny Rp 300rb dijamin bisa. Hub. 4365054 (samp.SMA 2) bs antr jemput. 813780

Paket Promo!! Kursus B.Inggris Rp 200rb. Kursus Komp.Rp 250rb khusus pelajar&mahsw disc.50%. Info 3306119/6148089/3306151. 823960

NASA Bljr Mengemudi 350rb PASTI BISA, bs dpt SIM A. Hub.Jl.A.Yani Km.3 Bjm. (0511) 9131333/7559808 seb.Ktr.Askes. 824009

Les Privat TK,SD 1 dan 2 SMP. Hub.085248055584.

812631

PS2 DVD (10 kst-2 stick-MC) 1.6jt, PSHD (2 stick+MC) 2,5jt, Service,isi Game,tkr tmbh Jl.Skip Lama Blkg Kampus STIENAS 7408122/ 081351988822. 211008C

ISI GAME PS3! Kunjungi.... kami Sura baya Game Duta Mall Lt.Dsr.(Dp.Optic International) 6175418. 812981

Buka MARIO BROSS GAMES CS-Jkt. Jual+Acc, PSP, Gboysp, NDS, PS1 (500rb) PS2 (1,5-1,9jt) PS3 Full Games+X-Box 360(4,6jt brg terbts) terlkp, Dutamall Lt Dasar (Dpn Butik Saila) 0511-6100232 813161

CS GAMES CENTER , Penjualan par tai/eceran,PS1,PS2,PS3 full Games,PSP,XBox 360 dll, Service Center Playstation,psng HDD+isi Game lkp. Trm murah,kualitas jamin, Jl.Kinibalu Ruko No.3 Bjm/Jl.A.Yani Km.35 (samp.Museum) B.Baru 7331798/7688353/081351990400. 813163

GAMES SOLUTION (Play Station murah/terpercaya) Service bergaransi/ berpengalaman,Ruko Jl.Pahlawan 64 3273448/7704030/khusus parta-an. 081351933448. 813693

PS3,PS3.,PS3!! Pkt Promo PS3+full Game 4,5jt (terbatas). Hub. ADITYA MUSIK Jl.Niaga Timur 2 3366186 (samp.Tk.Firdaus). 823681

DO ELEKTRONIK jual beli baru bks TV,PS1/PS2,DVD,Kulkas dll.Kmi siap dtg ke rmh anda.Hub. 6119023/ 7533654/08164530912. 823953

824020

LPK ARUM Bljr bs 3 mcm mbl,Innova, Xenia,Jazz Rp 350rb. Hub.Jl.S.Par man/ Gatot S. Hub. (0511) 7558582/7378573. 824052

MASTER FLAS Kursus Tehnisi HP (550rb) bonus CD,buku,Tolkit Call/ SMS 6102018/085248170907. 824050

JASA

824060

824172

823995

BM Variasi Kaca Film Anti gores hny Rp 150rb. Alarm+Remote+CL Rp 250rb,DVD Mbl Rp 700rb. Audio & Accesories Rp 1.250jt. TV double Din lkp Rp 2,450 s/d 2,9jt Jl.A.Yani Km.4,5 Bjm. (0511) 6261006.

Mengemudi hanya Rp285rb dijamin bisa. Hub Borneo Training Centre Jl Cemara Raya No.34 K.Tangi 3306250/6133310 091108G

RUPA-RUPA DEPO AIR MINUM SIST :UV.Konv-RO Bio Energy+Hexagonal:menetralisir racun dlm tubuh,bnyk bns sedia sparepart depo ttp galon,tisu.RIMA (0511) 74030887413088-081351403088. 310708B

DEPO AIR MINUM ISI ULANG Sist.UV-R.O (NASA USA),Ozon,Bio Energi,Hexagonal,Water Treatment, byk bonus,garansi,sedia Sparepart depo: gln,ttp,tisu,dll. Std Depkes SNI. Hub.GLOBAL FILTERINDO (0511)7406726/7403388/0811503331 cash/kredit,hrg.mulai 10jt-an. 140808A

DEPO AIR MINUM ISI ULANG Pkt Kesehatan Multisistem,Hexagonal, Ultrafiltration,R.O (NASA USA),Water Treatment,Byk bonus,Design Proses oleh Sarjana Kesehatan UI JKT. Garansi,Std Depkes,SNI hrg.mulai 16jt.Hub.OASIS (0511) 7417410/ 081349463579. 150908A

DEPO AIR MINUM & SPAREP ARTNYA hrg.grosir. Hub. (0511) 7314424081351551010-081348020004. 810657

KALENDER 2009 AO GK VO ML dll.Kal.Caleg,Brosur,full Color murah...rah...rah!! Hub.08125027794 (0511) 7443718. 811939

Turun berat badan sulit? Apa kata dunia! klik.www.belokkanan.com. 812108

Jual Baju Senam,mcm2 mdl & Bj.Rng Muslimah ,ada uk.bsr,bs retur, grosir,eceran & jual mcm Anggrek, spesialis,Cat Leya,Panda,Denro d l l . H u b. 0 8 1 1 5 2 0 7 0 5 / 7 7 0 7 8 9 2 / 3354128. 812720

Jimbaran Catering & Restaurant mlyn pesta pernkhn, Bk puasa, halal bihalal, prasmnn, nasi ktk, rantngan, snack box hrg mulai 7-25rb 05117641947/ 085751574203 (antar grts) 812750

AIR MINUM ISI ULANG terlengkap & termurah,teknologi mutakhir Jepang, Australia,Kanada. Full Otomatis kualitas & servis terjamin,standart Depkes SNI 01-3553-1996,tersedia ttp galon&tissue.Hub.OMEGA 7708555/ 3350555/08152125858/08125009093. Cash/kredit. 241008E

MLM BRACINI ,Garsel Garucci Shoes Manet Bsn Muslim. Hub.Bjm: 6100599/081349457979 Bjb: 4773607/081349759700. 813188

K 2009,Stiker,Brosur, Poster,Und. kawin,Kaos,Buku,K.Nama,PIN,Agenda. 3272600,7587272 SUMBER MAS . 291008A

Penting! Bg Jemaah Haji,bwlah Susu Kolostrum NACO utk menjaga kesehatan anda. Pesan Hub. 7762388. 813878

DIJUAL RUKO

824044

Ruko 2Lt (13x12m) SHM Lt.280m, Lb.320m (Mini Market) 4KM,3KMD Jl.Raya AMD XII No.50A, Pemurus Dalam (SMP 19). 085251229911/ 7475522 TP. 824169

RENTAL/CARTER VERA RENTAL CAR Menyediakan Avanza ’08,Kjg Kapsul,PU,Innova ’08,Panther,L-200. Hub.0811508748/ 3306342/7434273. 817920

CV.NAILA RENT CAR . Hub. 7758886/085251651666. Sedia Innova,Avanza,Sedan Getz,Kapsul LSX. 819231

CITRA TRAVEL (0511) 7400677/ 0811511911, sedia L200 (4x4),Tyt Rush,Innova,Avanza,Pick Up (LGX 250rb) harian/blnan. 270908A

ADITYA RENT CAR Sedia Ford Ranger ’08,Strada,L-200 ’06,Mazda. Hub.08125006367/081351913300. 811583

CV.LINGGANG B.JAYA .Innova, Avanza,Xenia,Kuda,Terios,APV,Jazz, L i v i n a X G e a r, S t r a d a , R a n g e r, F o r t u n e r, Tr i t o n , L . C r u i s e r. 7646688/081349443838. 811754

#A.J# RENTAL BJM : Ford Ranger/ Everest/L.200 4x4 DC/Kjg Krista. Har ian/blnn (0511) 7717268/ 081348080498. 811906

BENAWA PUTRA RENTAL CAR BANJARBARU (0511) 7594220, 4781111,4782222 Hunting. 812120

WAHANA TRANS Xenia ’08 sewa jam2an,hr,bln+Sopir/tdk bisa antar jemput. Hub. (0511) 6164070.

812097

SATRIA (khusus LSX,LGX,Krista 4,5jt/bln) Innova,Avanza,Xenia,Triton 4x4,Strada GLS 4x4,Ranger 4x4, For tuner ’08. Hub. 7400689, 7400688. 812138

BANJARBARU TRANSPORT CAR Rental Kjg,Innova,Kpsl, Avanza, Xenia,L-200 Strada,Sdn Hnd City 7572295/081348467147. 812327

BSM RENTAL BJM Mobil baru: jam2an, harian,bulanan+Sopir. Hub. (0511) 6236333/081251/0812 51035333. 812924

WIJAYA RENTAL B.BARU Innova, Avanza,Xenia,L200,Ford Ranger dll. Hub.081351010794/ (0511) 7503084. 812939

CV.RAYYAN ANUGERAH : Rent Car (Avanza,Innova,Jazz,Steam,Strada) p.brg&jasa. Hub. 7610693/ 085821120693. 813613

MANDIRI RENTAL CAR tersedia Mbl Strada 4x4 Avanza,bs disewa bulanan,har ian Bjm. (0511) 7513019/0811501842. 813668

813930

PASHA RENTAL BJM Menyewakan Avanza G.’07 VVTi,double AC,jam2an, hr-an,bln-an. Hub. 3271962/ 085651123769.

813819

813829

Dapatkan ilmu pelancar dan pen deras rejeki super ampuh.....???? pahami isinya klik http://www. formula bisnis.com/?id=ARISWANH

KHARISMATIK RENT CAR Mydkn Avanza ’08,Innova,Kjg Kpsul (djmn Ass pnmpg) bs jam2an,hr-an,bln-an 3263667/0811510525 trf nego.

824087

041108J

Djl. usaha Wrlaba di Mnmrkt/Plaza sbnyk 6 Outlet sdh berjln 5th brmnt. Hub. (0511) 7482727/0816 5422168.

SHIDDIQ TRAVEL 7403871/ 7408531,sedia Innova,Krista,Avanza, Xenia jg Spd.Mtr Supra Fit,Revo, Zufiter MX & Z.

061108A

824013

IFA DAHSYAAT... Edisi Akhir tahun koleksi terbaru & terlengkap info lebih lanjut. Hub. (0511) 7722028/ 081349789007.

DIANA RENTAL CAR Sedia Kjg, Taruna,Sdn,L-200,Bus,Innova, Avanza (0511) 3250017/7400773/0811 518404/08125100884/7604848.

824207

824015

RUMAH CUCI CINTA Jasa cuci & setrika Rp 7000/kg,siap antar jemput+gratis.Hub.SMS 7429768.

A n d a bu t u h U a n g Tu n a i ! S gr Ja m i n k a n B P K B A n d a H u b J l Kinibalu No.16 Rt57 Hub 7070199/ 7603538

MUTIARA RENTAL 7493322/ (0511) 3259636/7523377/0811519649 sedia Innova,Krista,Avanza,Kapsul hrg.sewa nego.

041108L

081108C

824034

813841

231008B

ALAT BERAT Djl.Mobil Truck Nissan Tronton ’07, Szk Grand Vitara Th.07 . Hub.0852 48961102/ (0511) 6236469. 824079

Dijual Bulldozer CAT D 7 G Th.’95 ada Winc. Hub.08115001966. 824181

Disewakan Dozzer D7G Th.’08 Grader Komatsu 6D 511R Th.’08 Compac Sakai SV 512D Th.’08. Hub.Fianto 0811521508/08115205808. 824242

HOTEL HOMESTAY BANJAR INDAH BASTARI lok.BIP Km.5700 trm mgn/ bln. Hub. (0511) 3300217/(0511) 7425642. 823959

BANJARBARU DIJUAL RUMAH Cpt r mh T.365,Garasi,5KT,2KM Jl.Jolali Balitra B.Baru hrg.nego. Hub. (0511) 6249611. 824003

Rmh permanen T.47+Paviliun Komp. Galuh Marindu 2 ,SHM,PLN,Smr Bor+tandon+pompa air H.135jt nego serius Hub.081349697210, TP. 824211

DIKONTRAKKAN Rumah cck u/Ktr & Mess. Fas.lkp. Jl.LAOS No.33 Bjb . Hub. 7401600/ 4773467. 813779

DIJUAL TANAH Tnh kav.10x20 c/k siap bgn Jl.Palm Sei.Rancah dkt.Renc.Pemb.Ktr Prop&PP.Hidayatullah Um.2jt 7411704-4782241/7689977. 814833

Tnh SHM pribadi Lt.252m2 Komp. Pondok Kopi Jl.RO Ulin Loktabat 500rb/m TP. Hub.08170808093. 823992

Djl.tnh kav.uk.10x20m Jl.Palm Sei. Rancah Dekat Renc.Pemb.Ktr Prov . hrg.nego. 7455998/08125003461.

DIJUAL MOBIL Kjg Jantan Executive Th.’91 silver AC double Ban Racing harga nego. Hub.081952938174. 824264

Dijl cepat Mobil Box Daihatsu ‘94 Hrg 15Jt Hub 0511-7465327/6243677 091108A

RENTAL/CARTER CAHAYA RAHMAN RENTAL MBL mlyn sw mbl jam2an,droping hran,antr/jmpt Bandara 0811501129/ 7454999/7505553. 813750

PA L A N G K A R AYA DIKONTRAKKAN Pusat Niaga Mega Top Centre/MIC P.Raya msh menyediakan tmpt.utk Counter/Outlet,Store dg uk.menyesuai kan di Lt.Dasar.hrg.sewa terjangkau. Hub.085252999529 bisnis pst untung. 824071

M A R TA P U R A DIKONTRAKKAN Kost Karyawan AC non AC Jl.Mentri 4 Depan Rmh Sakit Ratu Zaleha Mtp . Hub.081952821651. 824124

RUPA-RUPA Sedia Ban Baru & Velg Racing u/Mbl Anda di ANEKA BAN Jl.A.Yani Km.37,5 Sei.Paring. (0511) 7402811. 813608

BA R A BA I DIJUAL RUMAH Rmh permanen Lb.9x17 Lt.10x40m, SHM, Jl.Murakata Rt.06 No.53 (Dep.Pengadilan Negeri Brb) (0511) 4311059/081349709484 nego. 824139

812098

RIZQ R CAR 7403965 sedia Avanza,Xenia ’08,Kjg LGX tarif murah,harian,bulanan,jam2an.

Disewakan L-200,Toyota Avanza .Hub.M-19 RENT CAR (0511) 7243929 & 081351087999.

041108K

Ada Mesin Stone Crusher ,penepung batu,batako,paving,bata-m,tegel genteng,mixer,conveyor,hidrohr/ manual.Hub.081908888, 02132300333, 02182425888.

824221

Djl. Ruko dan Etalase HP Jl.Sulawesi Rt.12 Seb.Ami Awab. Hub. (0511) 7111119-081348112189.

Butik KEIZA My.Fashion Bjm menerima Ordr/psnn & member br. Hub.Ning. 7258967/08115002032 Jl.Raya Sadewa 8 Bjm. PERSEWAAN BADUT Teletubies, Micky Mouse,Bebek,Naruto dll. Hub. (0511) 7411625/7429768.

MESIN/SPARE PART

B AT U L I C I N DIJUAL TANAH Djl.tnh strategis Jl.Poros Batulicin Dpn Radio Gema Meratus uk.10x 28m,hrg.nego. 08125007282/ 0811332346 TP. 823956

DIJUAL RUKO Ruko 2 tkt uk.4x18 Samp.Bank Danamon Jl.Raya Batulicin ltk strategis. Hub. 08125112656/(0518) 71955. 813980

GUDANG Djl.Gudang uk.7x25 Jl.Raya Batulicin . Hub. 7411313/081349651313 harga nego. 813981

S U R A B AYA MESIN/SPARE PART GENSET BARU : Ready Stock Cummins-Deutz-Perkins-Mitsubishi 20-2000KVA. Hub.PT.Nikabasurya (031) 7411188-9. 10SBY

“MESIN MURAH EX JAPAN & RRT” Bubut Skrap Fres Miling Compressor Crankshaft Kolter Honing Forklift Maju Jaya (031) 7493838-5858 Fax.(031) 7493939. 08SBY

J A K A R TA RUPA-RUPA Khusus Kristen gratis,bk “Benarkah Alkitab Dipalsukan?” surati ke PO. BOX 6892 Jakarta-13068, www.thegood-way.com,www.faithfreedom.org, w w w. m e m r i t v, w w w. y a b i n a . o r g , www.sabda.org,E-mail:jar@indo.net.id. 816875


Banjarmasin Post

SENIN

10 NOVEMBER 2008 / 12 ZULKAIDAH 1429 H

BANJARMASIN

21

BANJARMASIN

BANJARMASIN

BANJARMASIN

BANJARMASIN

BANJARMASIN

BANJARMASIN

BANJARBARU

Jl Tanjung Raya Blok IV No30 Rt20 K.Tangi Lt8x12m2 Hub05117767876 TP V.000-18/11 Harga 175Jt Nego

Rmh Jl Belitung Darat Gg Karya V/ 4. Lb 8x13,7M Hub 08565167929 TP. V.023787-3/12 Harga 80jt Nego

Dijual Ruko uk 4x20m, 3Lt Jl S Parman Hub 0811 506129. V.018046-13/11 Harga Nego

Rmh T66 Perum Pemurus Jl Bima V No15 SHM Lt98m2 Hub081528885755 Harga Nego V.023654-12/11

Simp SMP 7 Jlr 11 No 106 Rt34 Hub 0511-7435455 / 081351573456. V.023817-13/11 Hrg 200jt Nego

Jl Veteran Km 5,5 Rt 3 No 103 Gg Unsur Sei Lulut 081952752354/085952472423 V.023868-14/11 Hrg 100jt Nego

Djl ruko Jl Putri Jjg Buih / Samp RSUD Bjb 4773723 / 0811511842 / 7573596. V.024019-15/11 Harga Nego

Rmh Gatot Subroto 8 Komplek 4 No 1 Hub 081348289244 / 6221004. Hrg 950jt Nego V.024056-11/11

Rmh Jl Kemiri No101 (Gatot S) fas lkp uk10x20 Hub 081348149775/7458834. Harga Nego V.021648-13/11

T76 AYani Km 7 Jl Mahligai Komp Mahligai Indah No52. SHM 7362132/081351219349. Harga Nego V.024110-16/11

Djl rmh Komp Dwina Indah Manarap Km 8. Uk 180/255 Hub 3252697. Harga Nego V.022279-15/11

T110 Komp Rina Karya A Yani Km 8 Asoka No 147. Kt4,3Km 085249581212. Harga Nego V.013997-15/11

Rmh Jl AYani Km 5 Komp Dharma Sakti SHM Fas lkp Hub 085751129000. Harga Nego V.024007-17/11

DIJUAL RUMAH

Rmh Komp Metro Indah Kayu Tangi Jlr 3 Lt 180m2 Hub 0511-7116718. Hrg 700jt Nego V.024057-11/11

Djl 100m dari Jl A Yani Km 7 T60 Lt210m2 2Kt, 1Km Hub 08125010491. V.024112-16/11 Harga Nego

Djl Jl A Yani Km 5 Dharma Praja Komp Dharma Bakti 2/4 T.081349388540. Harga Nego V.024204-12/11

K O TA B A R U

Jl Purna Sakti Komp Permata Surya T70. 10x13, SHM 7448643 / 0811512798. Harga Nego V.023994-12/11

RmhJl Pramuka Komp Citra Puri /Kenanga Rt33 No26 TP 7555123/081351565696 Harga Nego V.023356-14/11

Rmh 2 tingkat beserta 4 rmh bedak Jl Prona I Rt20 Kel Pemurus Br 7649127 TP. Harga Nego V.023915-11/11

Djl ruko Uk4x20m, 3 Lt Jl Sulawesi. Hub 0811500211 TP. Harga Nego V.019909-11/11

Rmh Komp Dalem Sakti No12B Rt10 Sei Lulut Km7,8 - 05114228341/087816237584 Harga Nego TP V.023862-14/11

Jual/kontrkn rmh Jl A Yani Km 9,4 Komp Asdi Karya III No45 Lkp Hub7245400. Harga Nego V.023926-14/11

YO G YA K A R TA

Komp Asdi Karya II No16 Rt16/01 A Yani Km7 Lt15x18M2 Hub 7414666/6166955 Harga Nego V.000-20/11

Djl rmh T59 Jl Hikmah Banua Komp Sejahtera 2 C9 Hub. 081351351608. Hrg 175jt Nego V.023085-26/11

Jl Purnasakti Jlr 9 Lt150m2 Lb 60m SHM Hub 7408122 / 081351988822. Harga Nego V.024113-16/11

Dikont sgr Ruko 4,5x18 sama isi Jl Pahlawan No.47 Hub081905573131/081386221121 Hrg Murah V.023673-10/11

Djl rmh + isi prbt Jl Perumnas Beruntung Jaya Komp Arjuna IX Hub7550058. Harga Nego V.23572-14/11

Rmh Jl S Adam Komp Bumi Lestari Hijau No23 Lt203m2 Lb168m2 Hub7662652 Hrg Nego V.000-21/11

DIJUAL MOBIL

T OYOTA

T OYOTA

TOYOTA

TOYOTA

T OYOTA

TOYOTA

Kijang LGX Th00 Matic. Coklat Muda Met, istmw Hub 08152144000. Harga Nego V.000-11/11

Tyt New Grade Th97. Coklat Muda, mulus, trwt lkp Hub 081351822877. Harga 77jt Nego V.023856-13/11

Tyt Avanza G VVTi ‘07. Coklat Muda, full var + audio + TV sprt br Hub 7752477. Hrg 137,5jt Nego V.000-12/11

2 unit New Avanza ‘08. Keluaran terbaru Hub7424721 / 0811513675. Harga Nego V.023520-11/11

Tyt Soluna Th01. Hitam, fas lkp, VR, kond siap pakai Hub 081351869991. Harga Nego V.024204-12/11

Toyota Kijang LSX Th04. Biru Met Hub 08125060762 Harga Nego V.000-10/11

Djual/dkontrk lks hook Jl Surabaya Klause Reffe Bjb 3KT 2KM Hub 085249757797 Harga Nego V.023767-13/11

2 Unit Avanza G VVTi Th08. Hitam 100% baru 08125093625 / 7255777. Harga Nego V.024051-16/11

Innova G Automatic Th05. Silver, DA,mulus Hub 7433308 TP No SMS. Hrg 160jt Nego V.024082-18/11

Innova Th04 Type G. Merah Hati, mulus Hub 0511-7762807. Harga Nego V.024215-17/11

New Innova, Fortuner, Yaris stock terbatas Wira Tyt T.081351435758/7427818. Harga Nego V.022454-12/11

Avanza G VVTi terbaru ‘08 Hub 0816 4568356/081521524258/0511-3350890 Hrg Nego V.000-16/11

New Fortuner & Innova Facelift ‘08, Yaris Limited UFI Tyt7760779/08115006379. DP Suka2 V.022662-22/11

Kjg SSX ‘97. Biru Met,DVD,MP3TV, audio AC,PS, pjk br 7542886/081349326200. Harga Nego V.023743-22/11

Over krdt Avanza G ‘06. Silver sisa 24bln Angs 3,7jt Pjk pnjg 081351817005. DP 36jt V.000-17/11

Avanza E’05 AKhir Brg sip silver Asli DA tgn 1 AsuransiAllRiskHub7418687/085950033349 Harga Nego V.024233-18/11

Kjg Krista ‘01 Akh. Biru Met,AC Dbl, CD,orisinil Hub 0511-7576753. Hrg 118jt Nego V.023806-13/11

Toyota Harrier L-Premium ‘08. Hitam Hub 0511-9123148 / 7757505 Harga Nego V.023934-11/11

Tyt Soluna Th00. Silver,ist,full bd kit lkp 081348341944/081348515884. Harga Nego V.021622-10/11

Kjg Kapsul LX 1.8 Th03 Akh. Hijau Met, AC Dbl,RT,CD,orsnl HP 08125000607. Hrg 102jt Nego V.023808-13/11

Avanza G VVTi ‘08 100% BR mdl Vew Htm Hub 085950033349/7418687 Hrg Nego V.024239-18/11

Kjg LX ‘03. Biru Met,AC,tape,BR, VR, bd klng pjk br Hub 085215519500. Harga Nego V.023768-10/11

Tyt Soluna ALF 50 XLi Th01. Hitam Met Hub 081349567789 / 7585467. Harga 62jt Nego V.024021-15/11

2 unit Avanza G VVTi Th08. Hitam 100% baru Hub 7338828 / 08115000421. Harga Nego V.023827-11/11

Krista Th04. Biru Silver, brg bagus full variasi siap pakai Hub 7517732. Harga Nego V.023774-10/11

Kjg SGX new‘03 Biru met fas ac dbl, PW,FullVar,Audio,Cat Orsnil Hub 6151888 Harga 125Jt Nego V.020468-17/11

Corolla Twincam TH89. Lift back Abu2 fas lkp orisinil Hub 7703199. Harga Nego V.024203-12/11

Rmh 3Lt Jl Pangeran Hidayat Kotabaru 08125056469/051821329/051821367. V.021721-20/11 Hrg 900jt Nego

M A R TA P U R A

Rmh dijl LT215 LB135 3KT 2KM Komp Pertamina Hub 085237062858 Yogya Hrg 395jt V.024285-18/11

Dijl cpt Jl Sekumpul Gg Penghulu 119 lt 34x14,5LB9x17Hub6295268/085248359778 Hrg Nego V.000-23/11

T OYOTA

TOYOTA

Avanza G Th06. Coklat Muda Met, istimewa Hub 7524000 / 9020899. Hrg 127jt Nego V.000-17/11

Kijang Krista ‘00 Silver Abu2 Met, bodi klng pemakai Hub085251126382 Harga Nego V.000-13/11

Kijang Pick Up Th05. Hitam,AC, tape,lampu bsr,bd mls 08125117533. Harga 96jt Nego V.023933-11/11

Krista ‘01. Silver, full var, jk sgt mls pakaian pribadi 6149858/3264939. Harga Nego V.023777-13/11

5 Unit New Jazz 2008 putih Biru Hijau Baru 100% cash & kredit Harga Nego V.23874-1/12

4 Unit Avanza G VVTi NEW MODEL 100% baru, cash & kredit Harga Nego V.23874-1/12

7 Unit Avanza Th06/07 VVTi Hitam, Silver,Aqua, brng istmw cash & kredit Harga Nego V.23874-1/12

5 Unit Avanza 2005 Hitam Silver. Full variasi, cash & kredit Harga Nego V.23874-1/12

HUB.SUNU WAHYU MOBILINDO (0511) 3263387/3263487/7535899/7405859 Jl. A.Yani Km 3,5 No. 64 (seberang Poltabes) Banjarmasin

2 Unit Fortuner G Lux ‘08. Hitam, Ready stock. Cash & Kredit Harga Nego V.023577-1/12

2 Unit All New Jazz ‘08. Baru Putih Mutiara Ready Stock. Cash & Kredit Harga Nego V.023577-1/12

2 Unit Innova ‘07/08. Hitam Silver Ready stock. Cash & Kredit Harga Nego V.023577-1/12

Innova G Th06 Hitam. langsung nama pembeli. Cash / kredit Harga Nego V.23126-26/11

3 Xenia Xi 1300 sporty 05 Htm & Silver 109jt.,Xenia Li 05 silver 99Jt Harga Nego V.23126-26/11

10 unit Avanza BaruType GVVTi Baru. Htm, Silver, Hijau met. Ready stock. Harga Nego V.023160-26/11

1 unit Avanza Type G VVTi Th08. Biru Aqua met kond 99%. Harga Nego V.023160-26/11

3 Unit Gran Vitara ‘08 Hitam ready stock Cash & Kredit V.023577-1/12 Harga Nego

4 Unit New Avanza Model Baru Hitam Silver Ready Srock Cash & Kredit V.023577-1/12 Harga Nego

4 Unit Dump Truck Canter PS 125 Baru Ready stock Cash & Kredit V.023577-1/12 Harga Nego

3 Avanza 06 htm pk tv cd =135Jt, 07 htm=137Jt, 08 baru=150Jt Harga Nego V.23126-26/11

Picanto 05/visto 03. Hitam, an sendiri siap pakai. Cash / kredit. Harga Nego V.23126-26/11

1 Unit Avanza Type G VVTi Th06. Kuning Emas, kond 99 % Harga Nego V.023160-26/11

1 Unit Avanza Th08. Kuning Emas, kond 99 % V.023160-26/11 Harga Nego

HARIS MOTOR SEB MINI MARKET ANNA K TANGI No36 Rt18 Banjarmasin (0511) 7432107 / 7462188 / 0816214929 / 081349640899 / 0811519827

HUB ISTANA MOTOR JL LINGKAR BENUA ANYAR 081351072654 / 7401974 MAU JUAL MOBIL HUB H. YANTO 08125123674 / 7401974

HUBUNGI : CV LUHUR PERKASA Jl A Yani Km.5 Banjarmasin Telp : (0511) 3252128 / 3252134.

Avanza tipe S & G th 2006, 2007, 2008 Htm, Aqua, SIlver, cash & kredit Harga Nego V.23135-28/11

Suzuki X Over th 2008 silver, cash & kredit Harga Nego V.23135-28/11

Escudo Th05 Hitam, Cash / kredit V.022907-23/11

Honda City VTec ‘05 hitam. Kjg LSX silver met. Cash / kredit Harga Nego V.022907-23/11

Tyt Land Cruiser Cygnus ‘00 Akh 4x4.Hijau Met,DA,ist bisa TT kredit Harga Damai V.022985-26/11

Terano Kingroad K2 Th05. Hitam, Tgn 1, bs TT kredit Harga Damai V.022985-26/11

Escodo 1600cc Th05.Hitam,AC, tape, full var. Cash / kredit Harga Nego V.023445-30/11

Feroza G2 Th1997/1998. Merah Silver, Biru Silver. Cash / kredit Harga Nego V.023445-30/11

Hyundai Getz th 2004 hitam DA 7193 TS, cash & kredit Harga Nego V.23135-28/11

Suzuki Pick Up Carry 1000cc th 2006 Biru Pajak Baru, cash & kredit Harga Nego V.23135-28/11

AVP 2007 AT Biru met. Carnival 2000. Cash / kredit V.022907-23/11 Harga Nego

Crv Th03. Merah Met. Opel Blazer ‘02 Cash / kredit. V.022907-23/11 Harga Nego

Trajet Th03 Akh. Asli DA, istimewa, AC dbl, bisa TT, kredit Harga Damai V.022985-26/11

Taruna OXXY CSX Th05. Hitam, istimewa, asli DA, tng 1 bs TT, kredit. Harga Damai V.022985-26/11

Avanza Baru Tipe G & S’05 & 08. Hitam Silverstone wrn terbr. Cash / kredit. V.023445-30/11 Harga Nego

Krista Th2001. Silver, mulus, AC, tape, ban radial, VR. Cash / kredit. V.023445-30/11 Harga Nego

HUB. CV RAHMAH MOTOR Jl. Sultan Adam Rt.48 samp. Komp Graha Lestari Telp 0511-765 5624 / 0859 5247 4024

Harga Nego

Hub X MOBIL Jl Tembus Pramuka Ruko Mitra Mas Bjm ( Samp Dealer Kawasaki ) Telp 05117450088 / 081349400588 X Mobil Barabai 0517-44239

HUBUNGI : WTC MOTOR Jl A Yani Km 5 Telp : (0511) 7251811 / 08164561222

Hubungi Kayu Tangi Showroom (Samp Suzuki Kayu Tangi) Jl Brigjend H Hasan Basri No 45 Rt16 bjm 085248588989 / 3304321 / 7438945

Honda Jazz VVTi Sporty Th07. Silver, full var. Harga Nego V.22440-17/11

Avanza G Th2008 / S (Baru) Hitam/ Silver, full variasi Harga Nego V.22440-17/11

Avanza G Th07 TV,full var. Innova G Th05. LGX Th01, cash / kredit. Harga Nego V.000-5/12

Avanza G ‘07. Silver. Escudo 1.6 Th 04 VR Htm, cash / krdt Harga Nego V.000-5/12

3 Avanza 06 Tipe G VVTi cash/ kredit Harga Nego V.000-5/12

2 Jazz 2004 Wrn silver & biru barang terawat, orisinil Cash / kredit Hrg 125jt Nego V.000-5/12

Grand Vitara JLX 07 hitam spt baru. cash / kredit Harga Nego V.000-8/12

2 Unit X-Over 07 orange & silver. cash / kredit Harga Nego V.000-8/12

Krista Th 2003. Silver, full variasi

Toyota Kijang Innova G Th2006 / V Th2005. Harga Nego V.22440-17/11

CRV Th03 Matic. Wrn Silver, cash/ kredit. Harga Nego V.000-5/12

Hnd Jazz Th04 Matic. Hitam, asli Banjar, cash / kredit. Harga Nego V.000-5/12

2 unit Innova 04/05 biru & Gold Cash / kredit Harga Nego V.000-5/12

2 L200 Th2003/2004 merah silver & hijau silver. Cash / kredit Hrg 195jt Nego V.000-5/12

New CRV Th07 Wrn Hitam anggur . CRV 05/06 hitam cash / kredit Harga Nego V.000-8/12

2 Tyt Rush Tipe S 07 Merah.dan Biru cash / kredit Harga Nego V.000-8/12

Harga Nego

V.22440-17/11

HUB : AHSAN MOTOR Jl Brig Hasan Basri Ruko No 2 Kayu Tangi Banjarmasin (seb Bank BTN & Primagama)

HUB ANUGERAH VARIASI JL A YANI Km 1 No 29 C,D,E TELP 081351567889

HUBUNGI PILAR MOBIL JL SULTAN ADAM RUKO 10 NO 5-6 Telp 4311425 / 6173613.

Hub HD MOTOR Jl Belitung Darat Samping Gg Amal Utama No 108 Rt 22 Telp 0811514487 / 081349635449 Bjm

Bersambung ke Halaman 22 & 23 ...


22

tambun bungai

Banjarmasin Post SENIN

10 NOVEMBER 2008/12 ZULKAIDAH 1429 H

Sopir Panik Selamatkan Mobil Q Rumah Dinas Pelindo Terbakar SAMPIT, BPOST- Arus lalu lintas Jalan Achmad Yani Sampit mendadak macet ketika rumah dinas milik PT Pelindo Sampit terbakar, Sabtu(8/11) sekitar pukul 20.00 WIB. Kejadian itu juga sempat membuat panik sejumlah sopir yang bergegas menyelamatkan mobil mereka agar tidak disambar api. Saat kejadian, sejumlah mobil milik Travel Wisana Angkasa tampak diparkir di sekitar tempat kejadian. Pasalnya kantor travel tersebut tepat di samping rumah dinas tua yang hangus terbakar itu sehingga membuat sopir cemas kebakaran akan meluas. “Kami langsung menyelamatkan mobil karena takut api terus membesar dan menyambar mobil. Rumah dinas

itu terbuat dari kayu dan sudah cukup tua jadi cepat terbakar. Untung hanya beberapa mobil yang diparkir di sekitar lokas,” kata Khaidir, pengelola travel PT Wisana Angkasa. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut namun kerugian diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah. Pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan un-

tuk mengetahui penyebab kebakaran tersebut. Termasuk meminta keterangan penghuni rumah dinas yang saat kejadian tidak berada di rumah. Menurut warga sekitar, rumah dinas tua itu dihuni oleh lima orang pegawai magang Pelindo setempat. Belum diketahui persis penyebab kebakaran namun disebutkan saat kejadian, di kawasan itu sedang terjadi pemadaman listrik bergilir. Atas kondisi itu, sejumlah warga menduga kebakaran terkait pemadaman bergilir tersebut. “Mungkin saja karena arus pendek listrik, bisa juga karena lampu teplok atau lilin yang membakar bangunan,” ucap seorang warga. (mgb)

Organda Siap Ikuti Ketetapan Tarif PALANGKA, BPOST - Meski mengaku sulit menurunkan tarif jika penurunan premium hanya Rp 500 per liter, namun Organisasi Angkutan Darat (Organda) menyerahkan kepada pemerintah terkait kebijakan tarif. Organda siap melaksanakan jika pemerintah menurunkan tarif setelah harga premium diturunkan per 1 Desember. Ketua DPD Organda Kalteng, Brata Jaya mengatakan penurunan harga bahan bakar binyak (BBM) jenis pre-

mium yang ditetapkan pemerintah terlalu kecil. Padahal jika dihitung keseluruhan, biaya operasional cukup tinggi mengingat harga suku cadang sudah naik. Organda berharap jika tarif harus diturunkan maka hendaknya tidak terlalu besar agar pengusaha angkutan tidak merugi. “Sejak kenaikan BBM beberapa bulan lalu yang diikuti kenaikan tarif, angkutan kota selalu sepi penumpang.

Sekali berangkat, sesuai jalur mobil biasanya mampu mengangkut 13 orang. Namun kenyataan saat ini hanya sekitar enam sampai tujuh orang,” ujar Mursalin, sopir angkot. Sepinya penumpang, kata sopir asal Barabai, Kalsel itu, juga dipengaruhi kepemilikan kendaraan pribadi di Palangka Raya sudah sangat banyak. Karena itu jumlah penumpang angkot cenderung terus menurun. Saat ini tarif angkutan kota di Palangka Raya yaitu Rp

1.500 untuk pelajar dan mahasiswa serta Rp 3.000 untuk masyarakat umum. Dengan kondisi saat ini, sopir hanya bisa membawa pulang penghasilan bersih antara Rp 30.000 sampai Rp 50.000 per hari jika penumpang ramai. “Ini yang membuat kami menolak dengan tegas soal menurunkan tarif. Belum lagi beli suku cadang mobil yang dijual cukup mahal sementara pendapatan tidak sebesar dulu,” katanya. (sut)

Panen Durian di Muara Teweh

Harganya Sampai Rp 1.000 Per Buah BUAH durian selama satu minggu terakhir ini mulai membanjiri sejumlah kawasan perdagangan di Muara Teweh Kabupaten Barito Utara (Barut),Provinsi Kalimantan Tengah. Igang, warga Desa Liang Buah Kecamatan Teweh Tengah menuturkan, buah ini berasal dari sejumlah desa yang dibawa menggunakan angkutan sungai maupun darat. Warga yang tinggal di desa pedalaman Sungai Teweh (anak Sungai Barito) membawa ratusan buah durian bersama warga lainnya dengan menggunakan perahu

bermotor untuk dijual ke Muara Teweh. Menurut Igang , harga durian di desanya masih relatif tinggi sekitar Rp 5.000/ buah kemudian dijual ke Muara Teweh antara Rp 8 ribu sampai Rp 10.000/buah. “Mungkin kalau semua desa panen durian, harganya turun bahkan hanya Rp 1.000/buah,” jelasnya. Sejumlah perahu bermuatan durian ini biasanya bersandar di pinggiran Sungai Butong yang juga anak Sungai Barito. Kemudian sejumlah pedagang sudah menunggu untuk membelinya. Durian hasil panen di sejumlah desa ini merupakan tanaman yang berusia

puluhan tahun dari beberapa jenis lokal. Buah ini merupakan salah satu produk hortikulutra unggulan dan dijadikan maskot Kabupaten Barut. Selain disantap langsung juga dijadikan bahan baku lempuk durian (dodol durian) serta tempuyak atau daging durian yang diolah melalui cara fermentasi untuk disuguhkan sebagai pelengkap lauk saat makan. Biasanya kalau lagi “booming” durian asal pedalaman Sungai Barito ini dijual pedagang di Banjarmasin, Kalimantan Selatan dan sejumlah daerah lainnya. (ant)

Sambungan dari Halaman 21 ...

SUZUKI

SUZUKI

FORD

NISSAN

KIA

ISUZU

ISUZU

MERCY

Escudo 1.6 Th05. Abu2 Met, full var, siap pakai Hub 081351392891/7562214. Hrg 130jt Nego V.024198-12/11

SzkTourprize cashback utk Pick Up, APV, Baleno dbln Nov 085285481260/7134393 Harga Nego V.000-7/12

Ford Ranger Doubel Cabin 4x4 Th07. Over kredit sisa 18bln Hub 08111771312. Harga Nego V.023785-13/11

Djl cpt BU X Trail ‘05. Grey, sangat Istmw Hub 0511-6200345. Harga Nego V.023720-13/11

Kia Carnival ‘00. Coklat,AC dbl,PW, Sunroof an sndr Hub 08125006056. Harga 80jt Nego V.023860-13/11

Panther Hi Sporty Th97. Biru, AC, Tape,ban radial baru 08164533936. Harga Nego V.000-13/11

Dijl PU Panther ‘08 Ready stock TDP 22Jtan/Bs pilih Bns AC/RT Hub0811503438 Harga Nego V.024180-19/11

Diswkan Bus Pariwisata AC 27 & 35 Seat 7309399 /08115008280(DVD,Reclinng Seat) Harga Nego V.024077-6/12

FORD

HYUNDAI

Szk Jimny Katana Th91. Merah VR, ban br,AC,tape,lkp,bd klng 081348144441. Harga Nego V.024200-12/11

Katana GX ‘96. Hitam, istimewa ban baru cat orisinil Hub 0511-7684085. Hrg 49,5jt Nego V.024146-12/11

Hyundai Atoz 1.1 Th05. Hitam, ist Km rendah Hub 7407063/08115006018. Hrg 82,5jt Nego V.024049-17/11

Hyundai Atoz Th05. Silver,Fas Lkp,Full Var,Km Rendah,Trwt Hub 05117753636. Harga Nego V.023104-13/11

New Ford Ranger TDP 30jt-an/angs 4jt-an Hub ETI 087815151599/085249939282 Harga Nego V.023901-14/11

Ford 4x4 F250 Th05 D/C A/T 7300. Diesel Hub 0511-7351958/3364761. Harga Nego V.023987-10/11

Nissan Livina Th08. Htm asli Bjr sprt br Km 1200 Hub 7474554/0811505997 Harga Nego V.024030-12/11

Opel Blazer LV ‘01. Biru, brg mls 90% siap pakai 7433084 / 081351869994. Harga 80jt Nego V.024122-11/11

Timor Injection Th00. Silver Fas lkp Hub 081348787218 / 7588673 bs TT Harga 46jt Nego V.013986-12/11

Timor S 515 Th00. Merah Tua Met, AC dingin,PW,PS Hub08125133846. Harga 48jt Nego V.023949-10/11

Panther PU Th00. Biru Mlm Body klng Hub 081348670022 / 7511592. Harga Nego V.024103-11/11

PU Turbo ‘08. DP mrh, dict 4jt, AC, Tape R Stock br Htm Hub 081348011859. Angs Murah V.024922-16/11

CHEVROLET

Jual mbl Ranger DC 4c4 Base Model 2.9 cc Th04. Putih Hub7400176. Harga Nego V.024158-17/11

New Ford Ranger DC. Cash/ krdt R Stock Hub NILO 081952884446/7671944. V.24235-17/11 Harga Nego

MAZDA

Katana Th90. Biru,AC,tape,VR,pjk baru kond siap pakai Hub7559454. Harga 31jt Nego V.024202-17/11

Atoz ‘03. Hitam, Fas lkp, kond trwt Hub 0811506099 / 0511-3355288 TP. Harga Nego V.024213-12/11

Szk Karimun Th01. Biru,Tng 1 sprt br,AC dingin,asli Bjr Hub7414563. Harga 71jt Nego V.024190-12/11

Hyundai Atoz ‘01 silver PW AC Tape DVD Hub 085248243907 Harga 65Jt Nego V.000-15/11

Ford Escape 2300cc ‘05 automatic Hitam, DA, mls Hub 7433308 TP No SMS. Hrg 165jt Nego V.024083-16/11

Sdn Nissan Sunny ‘90. Biru, pjk 10/09 Hub 08125007259/085950068099. Harga Nego V.024090-12/11

Ford Ranger Dbl Cabin‘02. 4x4 Akh,Hijau, Orisnl cat,Rtwt 0811513866. Harga Nego V.018091-18/11

Opel Blazer Th00. Hitam Met, var lkp asli Bjr Hub 0511-7423599 TP. Harga Nego V.024176-14/11

Sdn Chevrolet Estate Th05. Hitam Met Hub 0511-4787088 / 08152140460. Harga V.023793-13/11

Chev Zafira Matic ‘01. Hitam,ACdbl, PW,PS Hub 08115007118/0811518118. Harga 75jt Nego V.024214-17/11

Panther Box ‘01. Putih, pajak baru, brg siap pakai Hub 0511-7412333. Harga Nego V.024078-16/11

Over krdt Panther Pick Up ‘05 body mls siap pakai Hub 08125033732 Harga Nego V.023685-10/11

Mazda Th05. Biru, Double Cabin, AC, Tape Hub 081521606626. V.023740-9/11 Harga Nego

Dijual cepat Mercy A140 Th00. Biru Hub 0511-7679995 / 08164535112. Harga 95jt Nego V.024059-16/11

S P D M OTO R

Over krdt 1th Kawasaki Ninja ‘08. Hitam Km700 sprt br Hub6116215/7678787. Harga Nego V.023890-14/11

NSR 150 RR Th00. Merah Putih, kond bagus Hub 7755944 / 7244434. Harga Nego V.024220-12/11


Erick The Changcuters

Digosipkan Selingkuhi Andhara Early DRUMMER grup band The Changcuters, Erick digosipkan menjadi pemicu retaknya rumah tangga presenter mungil Andhara Early. Erick disebut-sebut sebagai orang ketiga dalam rumah tangga Early dan Cesa david Luckmansyah yang kini sedang menjalani persidangan gugatan cerai. Erick selama ini memang dikenal cukup dekat dengan Andhara Early. Namun, saat dikonfirmasi, Erick membantah keras dirinya sebagai pemicu kehancuran rumah tangga EarlyCesa. Menurutnya, kalapun kenal dekat

dengan Andhara Early, itu tak lebih dari hubungan kerja sebagai sama-sama pekerja di dunia hiburan. “Saya dan Andara Early sama sekali tidak ada hubungan apa-apa, kok. Kita berdua hanya teman biasa saja. Lebih tidak,” bantah Erick di Jakarta, akhir pekan lalu. Erick mengaku pertama kali dengan Andhara Early sat mereka sama-sama mengisi sebuah show musik. Saat itu Erick sedang pentas bersama The Changcuters, sementara Early yang jadi pembawa acara. (fin)

Banjarmasin Post

SENIN, 10 NOVEMBER 2008

HALAMAN 23

Gelar Baru untuk KD PERSONIL 3 Diva, Krisdayanti, atau akrab disapa KD mendapat gelar baru, Dewi Pengejar Mimpi (DPM). Gelar Dewi diberikan kepadanya sebagai satu dari tiga personil 3 Diva. Sedangkan gelar Penge-

biofile ◗Nama Nama : Krisdayanti ◗Lahir : 24 Maret 1975 di Batu, Jawa Genre Musik Timur ◗Genre Musik: Pop ◗ Profesi : Penyanyi, Model, Tahun Pemain Sinetron ◗T aktif aktif: 1992 - sekarang ◗ Label : Warner Music Indonesia (2000 - sekarang) ◗Status : Menikah ◗ Suami : Anang Hermansyah◗ Orangtua : Trenggono dan Rachma Widadiningsih ◗Anak: - Titania Aurelie Hermansyah - Azriel Akbar Hermansyah

PERSDA/DIDIT

KAPANLAGI

jar Mimpi merupakan gambaran sosok KD yang tidak pernah lelah menggapai mimpi-mimpinya. “Ini bisa aja ngasih gelarnya. Nanti pulang dari sini saya pasti ditodong anak-anak saya. Mereka pasti bertanya tentang gelar ini,” ungkap KD di sela menghadiri acara peluncuran buku Hidup Tak Bisa Menunggu di Jakarta, akhir pekan lalu. KD mengatakan, dirinya sempat tidak enak dengan anugerah gelar tersebut. Karena, nama Dewi juga dipakai oleh personil 3 Diva lainnya, yakni Titi DJ, untuk album terbarunya yang dirilis ke pasar. “Setelah melihat judul Dewi Pengejar Mimpi saya juga tadinya mau menelpon Titi DJ karena di album terbaru dia ada yang menyangkut

tentang dewi. Tapi akhirnya nggak jadi (menelepon),” ujarnya. Anugerah Dewi Pengejar Mimpi untuk KD sebenarnya merupakan satu dari lima cerita yang termuat dalam buku Hidup Tak Bisa Menunggu. Cerita itu ditulis Prameshwari Sugiri yang baru saja memenangi lomba penulisan produk perawatan rambut Sunsilk bertajuk Sebab Hidup Tak Bisa Menunggu, Juga Rambut Indahmu. Prameshwari menulis Dewi Pengejar Mimpi berdasarkan gambar hidup KD yang disebutnya mendaki puncak gunung ke puncak gunung yang lain. Berkenaan dengan kisah hidupnya yang dibukukan tersebut, KD berharap cerita tersebut bisa memberi manfaat, memberi inspirasikan kaum perempuan di Indonesia untuk maju. KD juga berharap cerita itu juga bisa menjadi pemacu spirit untuk anakanaknya kelak ketika

mereka menginjak usia remaja dan bangku kuliah. “Sekarang aja anak-anak saya sudah suka bertanya. Contoh kecilnya saja, mereka bertanya kenapa saya bisa menjadi penyanyi terkenal,” tutur KD. KD menjelaskan, di usianya yang menjelang 34 tahun pada 24 Maret 2009 nanti, dirinya tidak memiliki impian mulukmuluk untuk hari depan. Satu harapannya, adalah agar Tuhan senantisa memberinya badan yang tetap sehat. Itu buat KD merupakan hal penting dalam hidupnya. Terlebih, tak lama lagi dia akan dihadapkan pada berbagai acara show dengan 3 Diva dan kegiatanpromo album duet terbarunya bersama sang suami, Anang Hermansyah. “Ada sih rencana untuk berbisnis. Kalau tidak halangan, saya akan buka bisnis bareng teman-teman di 3 Diva. Lokasinya di Bali,” beber KD. (Persda Network/mun)

Sambungan dari Halaman 21 ...

TOYOTA

HONDA

D A I H AT S U

DA I H AT S U

MITSUBISHI

MITSUBISHI

SUZUKI

SUZUKI

Avanza G Th06. Seperti baru Hub 0511-7411514/08152114653. Hrg 132jt Nego V.023863-10/11

Hnd Civic Sport ‘84. Yellow, 2Pnt, AC dgn, msn stdr ordnl 085249757797 Harga Nego V.023307-10/11

Taruna FGX ‘01 EFI. Silver Met,AC double+CD changer 08125000607. Harga 89jt Nego V.023678-12/11

Grand Max Minibus & PU Murah, Xenia, Terios, Sirion. R stock 7455141/7708399. DP 10jt-an V.022373-16/11

Mits Kuda Super Expert ‘00 merah silver asli Bjr Hub 0511-9109981 Hrg Nego V.23633-10/11

L300 Pick Up ‘05 Solar, Hitam orsnl, siap pakai Hub 081351792891/7562214. Hrg 87,5jt Nego V.024195-12/11

Ready stock G Vitara, SX4, Swift Hub 0511-7557034/081348571782. DP 15% V.0222074-13/11

Szk Carry Futura 1.3 ST ‘98 Adi Putro. Hijau Met,VR,AC dingin Hub 7416023. Harga 45jt Nego V.024109-10/11

New G Vitara, SX4, Swift,APV Ready stock Hub Winda 081349688586/7763306. DP & Bunga Mrh V.000-18/11

Karimun Th00. Coklat Muda AC, PW, PS Hub 081351261515 / 7455009 Harga 69jt Nego V.023515-10/11

Szk Forsa ‘86. Biru Met, AC,RT, BR,VR,TA,SJ var HP.085821322964 Harga 25jt Nego V.023932-14/11

R Stock + bns APV, G Vitara, Swift Hub Szk Mitra 085248063171 / 7661225 DP Mrh Krdt s/d 5th V.0222124-14/11

Katana GX Th94. Hijau kond bagus siap pakai Hub 0511-7487519. Harga Nego V.024109-11/11

Karimun Th00. Coklat Muda Met, TV, VCD, brg bgs Hub 7435610. Harga Nego V.023931-11/11

Szk Karimun GX 2006 hitam fas lkp Hub AG Mbl 0511-6292729 Harga 95Jt Nego V.000-15/11

Baleno ‘97 Akh. Hijau Tua Met, audio, full var bd klng 081349771881/6174273. Harga Nego V.024080-11/11

Szk Carry ST 100 Tugas Kita ‘88. Hijau, VR, Gigi 5, siap pkai 08125101146. Harga Nego V.023760-13/11

Escudo ‘94. Biru Met,PW,PS,bs TT Hub 0511-7579609 / 7653486. Harga 69jt Nego V.023765-13/11

Beli Suzuki All Type DP & krdt ringan Hub Soda 7489220 / 081349595960. Harga Nego V.000-21/11

Ready Stock G Vitara & Swift Hub 081349378456/7330099. TDP 30jtan V.022068-11/11

Aman & Bergaransi Resmi APV Arena, PU Carry dll 7379789/085248273168. DP Mrh & Krdt s/d 5th V.023987-7/12

R Stock Swift, SX4 -XRoad,G Vitara Hub Suzuki Mitra Bjm 081349758941 DP 30jt-an krdt sd 5th V.24115-6/12

Katana Th91. Hitam, AC, tape, lkp, siap pakai Hub 08125044533. Harga Nego V.024189-12/11

Escudo ‘97. Merah Met,siap pk,mls, trwt, full var/audio 7555000/085249990000. Harga 90jt Nego V.023246-14/11

SUZUKI

Toyota Corolla Twincam Th91. PW,PS,AC,tape Hub 08115009415. Harga 45jt Nego V.023984-11/11

Hnd Fit‘04. Hitam, fas air bacgs,AC,pjk 1th, built up 081808655579/085952758889 Hrg 140jt Nego V.024138-12/11

Pakai Grand Max Pasti Untung, Angsuran hny 2jt-an 7701343/081348464977 DP 7jt-an V.022572-17/11

Espass 1.5 Th04 Akh 5 Speed. Biru Hub 08125007972. Harga 38jt Nego V.024028-15/11

L300 PU th 2000 solar hitam kondisi bagus Pjk Baru Hub 0811501129 Harga Nego V.023912-14/11

H O N DA

Hnd Grand Civic LX ‘88. Merah Hati, AC,Tape,PW,PS,VR,remote 7329848 Harga 35jt Nego V.023957-10/11 CRV Th00 Akh Built Up. Ada Sunroof, mls, cash / krdt Hub 0511-7449607. Harga Nego V.023760-13/11

JazzTh05Akh.CoklatMudaMet,VR17,Body Kit,Asli Bjm Hub 7250009/08125180009 Harga Nego V.022784-10/11

All New CRV 2.4 AT ‘07. Silver, var bs TT & krdt 7257474/081349485777. Hrg 310jt Nego V.023739-10/11

Honda City ‘05 A/T Abu2 met pakaian Wnt Hub 7252810/085251023356 Hrg 150Jt Nego V.024243-13/11

Hnd CRV ‘07. Silverstone, mls, sprt baru Hub 7474554 / 0811505997. Harga Nego V.024031-12/11

Hnd Nova ‘88. Merah Hati, klng Asli Bjr Audio MP3 VCD 7311119/081349311444. Harga Nego V.023985-12/11

Hnd Jazz IDSi ‘04. Biru Muda Met, Velg Crom 18” pjk 1 th Hub081348501626. Harga Nego V.024004-15/11

DA I H AT S U

Terios 07 VVTi silver Km12rban spt baru 081361774856/4772347 Harga Nego V.023618-10/11

New Gran Max PU, Xenia, Minibus, Terios Hub 0511-7524845 / 085251616192. DP & Angs Mrh V.023764-15/11

Taruna CSX ‘02 EFI Biru met TT/ Kredit Hub 7307456 Harga Nego V.23550-17/11

Feroza 95/96. Hitam Kaleng AC, TP, VR, ban br istmw Hub 08195165432. Harga Nego V.000-11/11

Hiline ‘03 Pick Up. Putih,aC,lkp.Siap Pakai Hub 081351924411 Harga 105jt Nego V.023106-18/11

New Grand Max, MB,PU,Xenia Hub 0511-7710196/08125055476. DP Nego V.022897-23/11

Jual/over krdt Zebra Espass Th97. Sisa 11 bln Hub 0511-7630004. Harga Nego V.000-11/11

Feroza ‘94. Hijau Met,PS,CL,TR,VR, BR,AC,ban pjk br, ist 08125017049. Hrg 47,5jt Nego V.024106-16/11

Feroza ‘96 Akhir Hijau Abu2 VR BR AC RT Bd klng mls 08125198015/7583047 Harga Nego V.24283-15/11

BMW

BMW X5 Th03. Hitam, siap pakai Hub 0511-7711779 / 081351069808. Hrg 500jt Nego V.023825-11/11

Pajero GLS 4x4 Th97. AC, Dbl, tape, mls an. sndri Hub 0811518118 bs TT Hrg 135jt Nego V.023928-14/11

L200 Strada Dbl Cabin ‘05 special edition ungu silver 0511-9109981 Hrg Nego V.23631-10/11

PS 120 Th97 Dump Truck Bak panjang Hub 0511-7378605. Harga Nego V.024213-17/11

Truck Dump PS120 Th94 Plat KT kond prima Hub 081351725100/7600779. Harga 93jt Nego V.024177-17/11

L200 Strada 4x4 Th04/05Akh PutihSilver,Orsnl Cat,Trwt 0511-7576707 Harga Nego V.021788-18/11

Katana Th98. Putih, VR Hub 0812 5007972 No SMS. Harga 28jt Nego V.024029-15/11

New Szk G Vitara, Swift, APV All Type, Ready stock Hub Neneng 08115009649. DP & Bunga Mrh V.000-21/11

Jazz ‘04 metic merah spt BR Full Audio/Var Jk mls 7575152/6149858 Hrg 126Jt Nego V.000-16/11

Taruna CSX ‘99 merah fas lkp wil B.Baru TP Hub7600558(No SMS)/4772421 Harga 82Jt Nego V.000-13/11

Jazz VTec ‘05 Akh. Biru Met, pjk br, full var, audio mls 7645509 No SMS. Harga Nego V.024108-16/11

Feroza ‘94 Biru+silver fas AC Tape PS PW siap pakai Bs TT 6149217/08195153649 Harga 47,5Jt Nego V.000-10/11

Xenia Li ‘05 =101jt & Xenia Xi 04=107Jt kond 90% silver Hub AG Mbl 6292729 Harga Nego V.000-15/11

BMW Th1996. Kond mls, siap pakai Hub 085251306362 / 0511-7464885. Harga Nego V.024045-10/11

Mits L200 Strada Th03. Hitam Silver, full var Hub7562214/081351792891 Hrg 167jt Nego V.024197-12/11

G.Vitara JLX July ‘07 spt BR Full Var Km 9rb Pakai SNSR 08152147044/6149858 Harga Nego V.000-19/11

Cash back & bonus beli PU hanya di Bln Nov Hub Suzuki 081351507599/7315191. DP Nego V.023690-11/11

Escudo 1.6 Abu2 met ‘04 Akhir Brg bgs Pjk 1 Thn Hub7418687/085950033349 Harga Nego V.024236-20/11

Jazz Th05 Matic. Coklat MD Met, kond ok Hub 0511-7624386. Hrg 138jt Nego V.024086-11/11

Feroza G2 Independent ‘97. Biru Met, full var AC,TP,VR,BR 081349495329 Harga Nego V.023936-16/11

Dijl Taruna CSX ‘99 Biru Silver Brg bagus Hub 081351371717 Harga 83Jt Nego V.000-16/11

BMW 318i ‘98 silver fas lkp VR body mls Hub AG Mbl 0511-6292729 Harga 110Jt Nego V.000-15/11

Truck Sasis PS -120 Tahun 2002. Hub ungi.0816213678 Hrg Nego V.019686-10/11

New G Vitara, Swift, Ready Stock Hub 081351687979. DP & BGA MURAH V.023821-3/12

Side Kick ‘95 Biru met AC Tape VR BR kond bgs siap pakai Hub 7429322 Harga Nego V.000-19/11

Carry Futura Box ‘99 putih ban baru AC Pjk Baru 7754455/0811514433 Harga Nego V.24248-13/11

c m y k


24

Banjarmasin Post SENIN 10 NOVEMBER 2008

Shahnaz Haque

Berkhayal Ketemu Obama EUFORIA kebahagiaan kalangan selebritis Indonesia atas kemenangan Barack Husein Obama melawan John McCain di laga pemilihan presiden Amerika Serikat (AS) masih terasa. Presenter Shahnaz Haque misalnya, tidak hanya bersyukur atas kemenangan Obama namun juga sekaligus memimpikan bisa bertemu dan bertatap muka dengan presiden pertama AS dari kalangan kulit hitam itu. “Cepat atau lambat, aku yakni banget Obama pasti bakal berkunjung ke Jakarta. Hmm, rasanya pingin lihat langsung Obama. Selama ini kan cuma lihat dari teve dan foto-foto,” celetuk Shahnaz Haque, ketika ngobrol seputar kharisma Obama. Senada, penyanyi yang ngetop tahun 1990-an, Oppie Andaresta, mengaku selama masa kampanye hingga menjelang pemilihan presiden AS, tiap malam dia sering memanjatkan doa untuk kemenangan senator asal Partai Demokrat itu. “Gue ngefans sama Obama udah lama banget ya? Jauh sebelum konvensi Partai Demokrat, gue udah baca-baca buku tentang dia. Top abis-lah, pokoknya!” kata pelantun hits Cuma Khayalan itu. Pecinta berat Obama ternyata bukan cuma selebritis di kalangan perempuan saja. Seleb pria pun yang gandrung berat. Pedangdut Syaipul Jamil misalnya, saking mengidola pada Obama, dia sampai rela menyisihkan waktu buat ikutikutan ‘napak tilas’ di SDN 01

Shahnaz Haque

KAPANLAGI

Menteng Jakarta Pusat, tempat Obama pernah bersekolah di bangku sekolah dasar sekitar tahun 1969 silam. “Aku tuh penasaran banget lihat tayangan di teve tentang SDN 01 Menteng. Jadi aku sempetin lihat langsung, kayak apa sih sekolahnya Obama di

masa kecil itu?” tanyanya. Setelah meminta izin kepala sekolah, Saipul ngintip ruang kelas yang pernah dipakai Obama menuntut ilmu di masa kecil. “Kata gurugurunya, ruang kelas yang dipakai Obama waktu kecil nggak banyak perubahan. Dulu nama kelas ini adalah kelas 3 C, tapi sekarang berubah nama dikit jadi kelas 2C. Itu aja perubahannya,” tutur mantan suami Dewi Perssik itu. Saipul bahkan ikut menyambangi bekas kediaman Barry, nama kecil Obama, di Jalan Taman Amir Hamzah Nomor 22, Kelurahan Pegangsaan, Menteng. Artis lain yang ngefans berat Obama adalah pelatih senam yang juga penyanyi, Liza Natalia. “Channel teve manapun yang menyiarkan pidato dan kampanye Obama, aku selalu pantengin (tonton) berlamalama. Kharismanya keluar saat dia berpidato.HidupObama!” celetuknya.(PersdaNetwork/abs/*)

Selebritis Dukung Barrack Obama No o 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Nama Oprah Winfrey Angelina Jolie Bruce Springsteen Jennifer Garner Ben Affeck Oppie Andaresta Shahnaz Haque Saipul Jamil Lisa Natalia Ika Putri

Keterangan Ratu Talkshow AS Aktris Hollywood Penyanyi rock lawas AS Aktris Hollywood Aktor Hollywood Penyanyi pop IndonesiA Presenter, model iklan Pedangdut Instruktur senam, penyanyi Penyanyi pop Indonesia

Aline Tumbuan

Kecewa Berat Manchester United RAUT tampang kecewa tidak bisa ditutupi oleh presenter dan pemain sinetron Aline Tumbuan saat meninggalkan acara nonton bareng pertandingan Arsenal melawan Manchester United di Plasa Barat Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, akhir pekan lalu. Acara yang disponsori oleh Gillette Mach 3 Turbo itu sengaja mengundang Aline yang bertampang oriental itu untuk memandu acara. “Saya senang kok bisa memandu acara nonton bareng ini, apalagi penontonnya sebagian besar para pria yang hobi dengan sepakbola,” ungkapnya disela-sela acara. Nonton bareng yang menampilkan duel Liga Inggris antara Manchester United melawan Arsenal di Emirates Stadium memang tidak mampu membendung rasa kecewa Aline. Pasalnya, tim favorit Aline, Manchester United tak berkutik saat menghadapi The Gunners dan harus mengakui kehebatan tuan rumah dengan skor 1-2. “Saya memang termasuk penggemar berat Manchester United. Namun hasil kalah yang diraih Chritian Ronaldo dan kawan-kawan memang membuat saya kecewa,” tuturnya. Menurutnya, permainan Manchester United malam itu tampak luar biasa. “Beberapa peluang sempat tercipta, tapi kok kalah juga, mungkin Dewi Fortuna belum akrab dengan Machester United kali ya,” seloroh artis yang tak lama lagi syuting film Ketika Cinta Bertasbih itu. Baru kali ini dirinya merasa kecewa dengan tim yang dilatih oleh Sir Alex Ferguson itu. “Selama ini sih, Manchester United tampil garang dengan permainan cepat. Tapi kali ini lagi apes, biasa kan tidak selamanya tim hebat itu menang,” tandasnya. Untuk itu, ia berharap agar para pemain Manchester United bisa bangkit dari kekalahan dan memperbaiki kesalahan saat dikalahkan oleh Arsenal. “Tim Eropa biasanya bangkit saat mengalami kekalahan menyakitkan, saya menilai kekalahan dari Arsenal sangat menyakitkan bagi Christiano Ronaldo dan kawan-kawan,” kata Aline yang mengaku fans berat pemain Portugal itu. (Persda Network/oro)

KAPANLAGI

Seleb Flash DORCE Gamalama tiba-tiba nongol ketika jenazah terpidana mati Bom Bali, Imam Samudera, tiba di rumahnya di Serang Banten, Minggu (9/11) sekitar pukul 09.30 WIB kemarin. Dorce datang dengan berkerudung warna gelap. Namun Dorce hadir tanpa banyak komentar. Wartawanpun sulit menyimpulkan makna kehadiran artis serba bisa yang hampir saban hari muncul di layar TransTV membawakan acara Dorce Show itu. Jenazah Imam Samudra, terdakwa hukuman mati kasus Bom Bali I, disalatkan di Masjid Al Manar yang terletak sekitar 400 meter dari rumah almarhum di Lopang Gede, kelurahan Lopang, Kota Serang, Banten, Minggu pagi. Jenazah Imam tiba pukul 08.25 WIB dengan menggunakan helikopter yang mendarat di lapangan pendaratan Mapolda Banten itu langsung dibawa ke rumah istrinya, Zakiah Drajat di Pasir Indah Serang. Tanpa dilakukan penyambutan dari istri dan keluarganya, beberapa menit kemudian jenazah dibawa dengan

menggunakan ambulans diiringi beberapa mobil menuju rumah kediaman Keluarga Ibunda Imam Samudra yang terletak di Lopang Gede. “Allahu Akbar! Allahu Akbar!” teriak warga, bersahutan, menyambut jenazah pria berperangai agak pendiam itu. KEANU Reeves kecanduan rokok. Hal ini terjadi gara-gara sebuah peran di film, Feeling Minnesota. Dan aktor ganteng ini mulai frustasi dengan kebiasaan buruknya tersebut. Seperti yang dikutip dari Post Chronicle, Keanu mengaku jika dia tidak merokok sampai berumur 30 tahun. Namun gara-gara peran di film dia akhirnya jadi kecanduan. Bintang Speed ini mengaku ingin berhenti dan memulai hidup sehat tanpa rokok, tapi ternyata bukan hal yang mudah. MILLA Jovovich telah ditunjuk menjadi seorang penari telanjang pemabuk dalam film Keep Coming Back. Film komedi

yang akan segera dirilis ini menandai debut penyutradaraan aktor veteran William H Macy. Film ini sendiri menceritakan tentang seorang pemuda yang bergabung dengan kelompok Alcoholics Anonymous. Tujuannya adalah untuk menggoda wanita impiannya (Jovovich). Macy sendiri juga akan membintangi film ini bersama rekannya, Steve Buscemi. MENCIPTA lagu bagi sebagian seniman adalah kebanggaan tersendiri. Tak heran kalau Pink merasa berat jika harus melepaskan lagu ciptaannya. Penyanyi nyentrik ini benci jika harus memilih-milih lagu untuk isi albumnya, karena baginya itu sudah seperti ‘anak.’ Pink berhasil menggubah 34 lagu di album barunya, Funhouse, namun terpaksa menguranginya jadi 14 lagu. Pink mengaku proses itu sungguh membuat hatinya sedih. Karena dia merasa sangat tersentuh saat menciptakan tiap-tiap lagu.(Persda Network/sis)

Inul Daratista

Paris Hilton

Bantah Bisnisnya Dibekingi Jenderal

Film Terbarunya Banjir Kritikan ISTIMEWA

Leonardo DiCaprio

Rela Lepas Predikat Terseksi SEKIAN lama menyandang predikat sebagai Aktor Terseksi, akhirnya Leonardo DiCaprio rela melepas predikat tersebut kepada aktor Zac Efron. Pamor Leonardo sebagai yang paling seksi memang memudar dan digeser oleh bintang High Scholl Musical, Zac Efron. Namun aktor ganteng yang melejit lewat akting gemilangnya di film Titanic bersama Kate Winslet itu mengaku tak ada rasa kecewa melepas predikat itu. “Kukira memang pantas Zac Efron yang masih muda itu menyandang (predikat) itu,” kata Leonardo seperti dilansir Female First, Minggu (9/11). Sebelumnya, Leonardo memang sering memenangkan jajak pendapat di kalangan responden wanita. Begitu banyak wanita yang terpana dengan ketampanan dan sikap cuek Leonardo yang sering bikin penasaran kaum hawa itu.

“Jujur aja, aku tak sebenarnya nggak pernah mau menjadi simbol seks atau apapun predikat sejenisnya. Selama ini aku hanya menjalani pekerjaan, sebaik-baiknya. Aku nggak pernah berpikir bekerja untuk mendapatkan predikat atau julukan-julukan seperti itu,” tutur DiCaprio. Pria yang digilai remaja perempuan sejak membintangi Romeo and Juliet itu mengaku salut pada Efron. Menurutnya bintang film Hair Spray itu mampu menempatkan diri sebagai idola remaja, pengganti dirinya. Bahkan Leonardo juga mengaku tak keberatan bila di masa mendatang namanya tak perlu diikutkan dalam berbagai jajak pendapat sejenis. Alasannya, masih banyak bintang-bintang baru yang usianya lebih muda, lebih ganteng dan lebih seksi dibanding dirinya.(Persda Network/abs)

PEWARIS harta kekayaan jaringan bisnis Hotel Hilton di seluruh dunia, Paris Hilton, memang sering dikritik lantaran sikap anehanehnya.. Mulai dari usahanya memikat Pangeran William dari Inggris, gaya rambutnya yang suka meniruniru selebritis lain hingga bisnis parfumnya yang juga mengekor tren bisnis artis lain. Namun kritik terbaru terhadap top model berambut pirang itu kini bukan soal gaya rambut, bisnis dan perilakunya, melainkan tentang film terbarunya yang dinilai nggak berbobot. Repo! The Genetic Opera, demikian judul film musikal terbarunya, itu dikritik habis,

khususnya kualitas akting Paris Hilton yang rada payah! Dalam film arahan sutradara Darren Lyn Bousman itu, Paris Hilton kurang maksimal dalam membawakan kharakter tokoh Amber Sweet. Film ini berkisah tentang epidemi kegagalan organ tubuh yang menyerang bumi. Di tengah kekalutan, sebuah perusahaan bioteknologi GeneCo menawarkan tranpslantasi organ tubuh. Mereka yang belum bayar diancam akan diambil kembali organ tubuhnya. Pemburunya adalah Repo Men. Sementara itu ada seorang perempuan muda yang mencari obat untuk menyembuhkan penyakitnya yang misterius. Ia juga mencari sejarah keluarga yang sama misteriusnya. Si gadis ini lalu masuk ke dunia GeneCo dan tak bisa kembali.

ISTIMEWA

Keanu Reeves

Kritik pedas dilontarkan kritikus film Los Angeles Times, Mark Olsen. “Film ini jelek. Bukan jelek yang menyenangkan. Sangat jelek dan hampir tak layak untuk ditonton,” tulis Olsen seperti dilansir LA Times, Minggu (9/11). Soal penampilan Paris, Olsen menulis bahwa seharusnya tim produksi memotong adegan aktris paling tajir itu. Termasuk nyanyian Paris dengan suara yang disebutnya mirip lolongan serigala. Namun bukan hanya Olsen yang bilang film ini jelek. Sebuah harian lain juga menulis film ini sebagai film terburuk sepanjang 2008. Repo! The Genetic Opera dirilis di Amerika pada Jumat 7 November 2008 lalu. Sejauh ini belum ada komentar dari Paris Hilton yang kini dipacari Benjamin Madden itu.(Persda Network/abs)

SKINS.BE

INUL Daratista membantah keras tudingan yang menyebutkan bisnis karaokenya, InulVista, dibekingi oleh seorang jenderal. Menurut Si Goyang Ngebor itu, bisnisnya murni dia besarkan dari cucuran keringat dan air mata dia bersama sang suami, Adam Suseno. “Aku nggak pernah bawa-bawa orang lain, apalagi pejabat tinggi negara,” tegas pelantun Dikocok-Kocok itu, menanggapi selentingan kabar tersebut. Bantahan itu dia lempar untuk menanggapi tudingan dari KAPANLAGI Inul Daratista Andar Situmorang yang menyebut bisnis Inul dibekingi kuat oleh seorang petinggi militer. Tudingan dibekingi jenderal adalah buntut panjang dari kasus tuduhan pelanggaran hak cipta yang membuatnya diseret-seret ke meja hukum oleh Andar Situmorang yang mengklaim sebagai pengacara Swara Perjuangan Artis Indonesia (Spaindo). Namun gugatan itu dengan mudah dipatahkan oleh pedangdut asal Pasuruan Jawa Timur. Apalagi Inul rela merogoh kocek dalam-dalam untuk membayar pengacara termahal di Indonesia, Hotman Paris Hutapea. “Sepanjang saya merasa nggak bersalah, orang mau gugat saya Rp 100 triliun pun, saya enggak takut,” tegas penyanyi yang pernah diperkarakan oleh Raja Dangdut Rhoma Irama karena goyangnya yang dinilai panas itu. Untuk melawan gugatan Andar, Inul mengaku sudah mengontak langsung Deddy Dorres, pihak yang diklaim Andar sebagai kliennya, dalam berkas gugatan itu. “Saya sendiri bingung. Ketika saya lakukan kroscek dengan Mas Dedy Dores, dia merasa nggak pernah meminta dia (Andar Situmorang) untuk memperkarakan saya,” klaim Inul. Menurut Inul, gugatan Andar Situmorang tak masuk akal sama sekali kalau dia menyebut mewakili Deddy Dores. Lantaran Deddy sudah berjanji bakal membantunya untuk menyiapkan album terbarunya. “Masak ada mitra kerja mau hancurin temen sendiri. Nggak mungkin banget,” tanya pedangdut yang masih berusaha keras untuk mendapatkan momongan itu. (Persda Network/yon)

c m y k

Banjarmasin Post - 10 November 2008  

Banjarmasin Post - 10 November 2008

Advertisement