Page 1

21

SELASA (WAGE) 13 JUNI 2017 18 RAMADAN 1438 H PUASA 1950

LEMBARAN KHUSUS REMAJA Facebook: www.facebook.com/beliapr

Twitter: @beliapr

E-mail: belia@pikiran-rakyat.com

Instagram: beliapr

Ehh... Katanya

FOTO: DOK.

Anak Masjid Tuuuhhh.......... ARI sekian banyak jenis ekskul di sekolah hampir pasti di antara itu ada anak masjid a.k.a anggota ekskul keagamaan (agama Islam) dong? Ada yang namanya ekskul rohani Islam (rohis) Ikatan Remaja Masjid (Irma), Dewan Keluarga Masjid (DKM) dan lainnya, apa pun nama atau istilahnya biasanya kalau denger sebutan ”anak masjid” pikiran kita langsung tertuju ke mereka. Ngomong-ngomong soal anak masjid nih, jadi rahasia umum juga kalau ada stereotip tentang anak masjid, misalnya anak masjid itu identik dengan imej kuper, enggak gaul, gaya bajunya begitu-begitu aja, terus kadang terlalu ngutamain agama ketimbang aspek lain. Emang bener ya? Belia langsung kroscek aja ke sobat-sobat Belia nih, sekalian pengen tau gimana pandangan mereka. Pertama ada sobat Belia namanya A Rizky dari SMKN 15 Bandung. Kalau kata Rizky sih enggak bisa bohong kalau imej itu yang timbul tiap dia liat anak masjid. Karena ada beberapa temennya yang ikutan ekskul rohis gitu di sekolah dan emang ”agak susah” diajak kalau ada acara-acara. ”Pernah mau bikin acara yang agak malem gitu, musik-musik, terus biasanya sih mereka enggak dateng gitu. Terus kalau baju ya biasanya mereka cenderung sederhana, begitu aja bajunya, tapi kan kalau itu mah menurut syariah ya, enggak apa-apa juga sih,” kata Rizky. Ada juga Gilang Ramadhan dari SMAN 1 Campaka yang kebetulan ikut ekskul lain alias bukan ekskul keagamaan, pas ditanya gimana kesan dia sama barudak masjid, Gilang bilang kalau emang kadang imej-imej kayak gitu terasa tapi sebetulnya itu enggak masalah karena pilihan masing-masing orang. ”Kalau menurut aku tentang anak masjid itu ya mungkin dia ingin berbuat kebaikan buat nanti di akhirat karena di dunia juga harus diimbangi dengan keimanan dan ketakwaan, jangan memikirkan duniawi aja,” tutur Gilang. Masih kepo, belia cari lagi pendapat lain, sekarang dari Sheila Novanti, cewek berkacamata ini bilang kalau anak rohis di sekolahnya malah cenderung gaul dan asyik-asyik lho, ”Bisa seru juga kok mereka, kayak pas acara Maulud atau peringatan hari besar Islam gitu mereka tuh biasanya jadi panitia, trus jagoan bikin acaranya gak yang boring gitu, ngundang ustaznya yang muda dan humoris jadi kita semanget ikut acaranya. Terus ada program ngabuburit buat yang suka puasa Senin-Kamis (pas bukan bulan Ramadan). Terus kalau katanya mereka mengutamakan agama sih ya iya, misalnya kalau azan langsung pada salat gitu tapi jadinya bagus, suka sekalian ngajak kita, jadi kayak ada reminder gitu, membawa kita kepada kebaikan,” tutur Sheila panjang lebar. Beuhh.... Cobaaaaa, kita kroscek lagi sama barudak masjidnya. Ada Anisa Nadya anggota ekskul Irma SMAN 12

D

”Kata siapa kita kuper? Buktinya anak-anak (Irma) di sini gaul-gaul loh, bahkan gaulnya tingkat nasional alias suka ikut-ikut lomba gitu sampai nasional hehehe...”

Rupa-rupa Kegiatan Anak Masjid AH, setelah nyimak pendapat-pendapat tentang anak masjid, kira-kira sobat Belia tau nggak nih kegiatan-kegiatan apa aja yang biasa dilakuin anak masjid? Yuk, simak satu-satu!

dateng deh, ukhti-ukhti susah payah loh bikin kegiatan ini yang biasanya diadain seminggu sekali. Dari mulai ngedatengin pembicara, mengarahkan massa, sampe mikirin konsep acara biar kalian yang kurang aktif di masjid bisa ikutan keputrian.

l Ngurus Masjid Udah bukan rahasia umum lagi kalo masjid sobat Belia rapi dan bersih udah pasti ini hasil kekompakan mereka. Karena mereka rela menyisakan waktunya buat ngurusin masjid demi kenyamanan sobat Belia. Mulia banget kan genk? Di tengah kesibukan nugas atau belajar di kelas mereka tetep kepikiran ngurusin kebersihan masjid.

l Jadi muazin atau bahkan imam Kalo udah waktu azan dan sobat Belia ada di sekolah, nah biasanya yang jadi muazin adalah mereka para aktivis masjid. Bahkan kalo enggak ada yang dituakan untuk jadi imam, mereka pasti udah siap buat nge-back up. Wih, husband material banget enggak nih? Hahaha.

l Keputrian Nah, mungkin buat cewek-cewek kadang suka dipaksa buat dateng ke keputrian. Yuk

l Ngurus acara keagamaan Pernah dong pasti di sekolahnya ada Isra Mikraj, munggahan, atau bahkan sembelih

N

kambing pas Iduladha. Biasanya yang bertanggung jawab adalah mereka-mereka yang aktif di masjid lho. Bukan cuma ngurusin hewan kurban aja, tapi biasanya mereka ngurusin zakat dan juga buat fitrah. Hmm, kedengeran susah ya karena itu amanah. Tapi mungkin buat aktivis masjid ini udah khatam banget! Ada segitu deh dari kru belia, mungkin di antara sobat Belia ada yang aktivis masjid bisa dong sharing sama temen-temen lainnya kegiatan apa aja yang kalian kerjain sebagai aktivis masjid. Jangan lupa ajak mereka juga buat makin rajin beribadah di bulan Ramadan ini karena pahalanya berkali-kali lipat loooh, hehehe. ***

Bandung. Cewek berkerudung ini sih cuma ketawaketawa aja awalnya pas belia tanya soal imej barudak masjid. Dia enggak menampik sih, tapi enggak mengiyakan juga. Kalau kata Nadya, itu mah terserah orang mau menilai kayak apa yang penting mereka tetep on terus. ”Kata siapa kita kuper? Buktinya anakanak (Irma) di sini gaul-gaul loh, bahkan gaulnya tingkat nasional alias suka ikut-ikut lomba gitu sampai nasional hehehe. Kita juga bergaul dengan baik sama guru-guru, sama temen ekskul lain, sama komunitas sekolah lain juga,” katanya sambil nyengir. Kalau dari kacamata guru gimana nih kira-kira? Belia ngobrol-ngobrol sama Pak Ahmad Sabari, katanya beliau, masalah gaul enggak gaul itu relatif. Mereka mungkin dikatain enggak gaul sama anak ekskul olah raga atau kesenian karena memang beda ”kolam” tempat bergaulnya, sebaliknya anak ekskul lain juga bisa aja dinilai enggak gaul sama anak masjid karena memang eksisnya bukan di circle anak masjid. Hmmm, bener banget nih Pak! Lebih jauh, Pak Ahmad juga bilang kalau beliau sebagai guru PAI sering merasa terbantu dengan adanya barudak masjid ini, misalnya pas ada acara-acara besar keagamaan. Wah, cucok banget sama kata Sheila tadi ya! Anyways, tau nggak sih kalau dalam agama Islam sendiri, generasi yang jadi simbol kebangkitan suatu kaum itu emang diawali sama para pemudanya. Hal ini juga sejalan banget nih kalau misalnya sobat belia cocoklogi sama keadaan di Indonesia, pasti kaum muda itu jadi garda terdepan yang pengen kehidupan bangsanya lebih baik, iya kan? Nah kalau kata Pak Usup nih, dosen agama Islam di UPI, akhir-akhir ini ada banyak kasus yang malah ngegambarin bobroknya moral generasi muda, salah satu faktor utamanya ya karena pemahaman dan pengamalan beragamanya yang masih rendah. Hal itu bisa jadi karena emang psikis anak muda yang lagi masa-masanya labil dan nyari jati diri, makanya perlu ada bimbingan dan arah biar enggak salah jalan. Meskipun demikian, dari pengamatan beliau ini sebenarnya ada banyak kok kawula muda yang semangat buat ikut ngemakmurin masjid, ya contohnya ikut acara kajian untuk lebih memahami agama. Urusan religi generasi muda itu masih bisa diperjuangin, kata beliau. ”Asalkan setiap komponen dalam pembentukan karakter pemuda mampu menjalankan perannya masing-masing,” tuturnya. Terakhir nih, sobat belia pasti setuju kalau pendekatan pemahaman anak muda terhadap agama pun perlu banyak variasi, metode, dan cara menarik biar kita-kita termotivasi untuk lebih mendalami ilmu agama, ya minimal fondasi keberagamaannya bisa kuat. Jadi, enggak usah minder kalau misalnya sobat belia mau belajar ilmu agama lagi. Mendingan telat daripada telat banget kan? Hehehe.... *** dhianynadya@gmail.com asysyifaahs@yahoo.com

Ceritain Dong Kesan Kamu Sama Anak Masjid!

ismirjbnty@gmail.com

Novia Desi Romadoni, 11 MIA 4 MAN 2 Bandung

Dewangga, 12 SMAN 3 Bandung

Aldi Abdullah, 11 IPS 5 SMAN 11 Bandung

MENURUT aku yang mereka lakukan itu bagus, apalagi di bulan Ramadan ini remaja alangkah baiknya mengisi waktu puasanya dengan hal yang positif dan dapat pahala. ***

SECARA pribadi sih ngerasa kayak enggak begitu berbeda antara anak masjid sama temen yang bukan. Yang agak mencolok dari anak masjid ya sering di masjid dan banyak berinteraksi di sana dan kayak dipandang alim gitu.

ANAK-ANAK rohis yang aku kenal mereka supel bergaul sama siapa aja dan mereka juga rata-rata tahu batasan pergaulan, they know what to do and don’t gitu.*** asysyifaahs@yahoo.com

”Keluarga memang lebih baiK saat berKumpul. tapi walaupun tidaK

22> Skul: SMA AL Ma’soem

23> MusicTerritory: Bukber SMAN 22

23> Aksi: Launching Buku SMP Semi Palar

23> Aksi: Jambore Ramadan Ceria

24> Chat: Endah N Rhesa

berKumpul, Keluarga tetap Keluarga.” - ORIZUKA

24> Review:


22

SELASA (WAGE) 13 JUNI 2017 18 RAMADAN 1438 H PUASA 1950

FOTO: DHIANY & DOK.

Prestasi Sana-sini l Zahra Yoviani Putri Macam-macam pelajaran IPA kayaknya jad makanan sehari-hari buat cewek ini. Soalnya denger-denger nih cita-citanya Zahra kepengen jadi dokter, jadi dia yang awalnya nggak suka IPA malah mau nggak mau kudu suka. But hey, meski awalnya ”kepaksa” ternyata ketertarikan Zahra di bidang IPA berbuah prestasi, buktinya dia sukses menjuarai OSN Kimia se-Kabupaten dan mewakili Kab. Bandung ke provinsi. Belom lagi dia juga ikut lomba biologi dan menyabet jawara II. Keren kan? l Dita Azzahra Firdaus Let’s meet Dita. Cewek berkerudung ini sebelas-dua belas sama temennya. Sama-sama bercita-cita jadi dokter dan sering ikut lomba. Bedanya Dita ini jagoannya bidang Fisika, dia pernah jadi juara III OSK Fisika. Selain itu, Dita juga pintar di bidang keagamaan lho, dia berhasil jadi juara pertama di Halal Competition tingkat Jawa Barat yang diadakan MUI. Next katanya Dita pengen ikut lomba lagi tapi di bidang yang berbeda. Go on, girl! l M Rizky Ramadhan dan M Irvan Hasanudin Dua cowok ini punya prestasi yang beda lagi guys. Mereka adalah atlet-atlet pencak silat kebanggaan SMA Al Ma’soem. Prestasinya? Nggak usah ditanya, mulai dari kompetisi tingkat daerah, tingkat kota, sampai nasional udah pernah diraih. Di antaranya, Rizky punya titel sebagai Jawara I Bandung Open, juara I kompetisi silat di Batujajar, dan juara II se-Jawa Barat di Taman Mini. Kalau Irvan pernah meraih piala sebagai juara III Jakarta Open, Juara II Bekasi Open, dan lainnya. Psst, kata mereka strategi buat menang itu simpel, yaitu minta restu orangtua, banyak berdoa, dan tingkatin latihan. Ntap!

SMA AL Ma’soem

Apresiasi dan Prestasi HELOOOO, gimana nih puasanya gaes? Udah memasuki pertengahan bulan Ramadan ya, semoga puasanya on terus kayak temen-temen di SMA Al Ma’soem. Barudak yang sekolahnya terletak di jalan Rancaekek Kabupaten Bandung ini pada semangat semua meski lagi puasa, hehehe. Mereka semangat banget deh pokoknya nunjukin hal-hal seru di sekolah mereka ke belia. Mau tau apa aja? Check this out!*** dhianynadya@gmail.com assyifaahs@yahoo.com

l Yudistria Yusuf Satu lagi atlet jagoan dari sekolah ini: Yudhistira. Cowok jangkung ini merupakan atlet tae kwon do dengan segudang prestasi, sebut aja Juara I Wali Kota Bandung Cup, Juara I Se-Jabar di Bandung Open, Juara III Nasional UPI Challenge, Juara I Nasional Pandawa Open, plus juara I di Kejurda tahun kemarin. Cowok yang katanya ikut tae kwon do dari SMP ini bilang kalau dia awalnya iseng ikut tae kwon do tapi lama-lama jadi hobi. Oh ya, Yudistira juga lagi ikut seleksi buat jadi tim Porda lho, kita doain ya!

Memperdalam Agama Sambil Puasa BULAN Puasa alias bulan Ramadan memang jadi waktu yang tepat buat menabung pahala lewat berbagai amalan, termasuk menuntut ilmu. Itu pula yang lagi dilakukan sama barudak SMA Al Ma’soem. Selepas beres ujian mereka memanfaatkan waktu luang sebelum bagi rapor dengan ikut pesantren Ramadan in Campus 1438 H. Di kelas-kelas pesantren

l Juan Veron Ayo kenalan sama Duta Hukum dan HAM Jawa Barat 2017: Juan Veron. Cowok yang juga menjabat sebagai ketua OSIS a.k.a kepala suku di SMA Al Ma’soem ini cerita kalau dia ditunjuk pihak sekolah sebagai wakil di ajang pemilihan Duta Hukum dan HAM. Meski awalnya kaget, Juan coba curi-curi waktu buat cari tahu seputar hukum dan HAM di Indonesia. Akhirnya setelah melalui serangkaian tes doi lolos dan terpilih. So proud!***

itu mereka belajar beragam materi yang disampaikan oleh para ahlinya. Terus ada juga yang namanya karatina tahfiz, di mana mereka yang ikut karantina ini "berlomba-lomba" buat memperbanyak hafalan. Nggak ketinggalan di pertengahan Ramadan mereka juga memperingati Nuzulul Quran. Lengkap!***

Cageur Dulu, Terus Bageur, Baru Pinter

Al-Ma’soem Sains Klub KEBANYAKAN ekskul KIR di berbagai sekolah itu emang keren-keren ya, termasuk ekskul KIR milik SMA Al-Ma’soem yang namanya ASIK alias Al-Ma’soem Sains Klub ini. Ekskul yang kerjaannya neliti dan riset di banyak bidang kayak robotika, teknologi, sains, dan ilmu sosial bikin para anggotanya banjir prestasi.Contohnya aja nih, Sasa si ketuanya cerita kalo dia bareng temennya pernah dapet dua silver medal waktu lomba di India, berkat alat praktikum buat nentuin indeks bias zat cair. Nggak cuma itu, anggota lain juga pernah dapet medali emas waktu lomba robotika di Malaysia. Pokoknya sih kalau level Asia Pasifik mah udah “kepegang” sama mereka. Ini ngebuktiin kalo ekskul KIR ASIK di sana, nggak cuma jago nasional aja tapi juga udah go internasional. Proud!***

KEPALA sekolah SMA Al Ma’soem Bapak Deni Purwadi cerita kalau motto Cageur, Bageur, Pinter itu diterapin banget di sekolah ini. Urusan akademik nggak jadi satu-satunya poin utama, karena mereka percaya cageur dan bageur sama pentingnya dan kalo kedua hal itu udah oke, otomatis pinter-nya bakal ngikutin. Oh iya, di SMA Al Ma’soem juga punya layanan bimbingan pasca-SMA yang udah digodok sejak kelas X, namanya P2K3 alias Petugas Penanganan Siswa Kelas XII yang digawangi Pak Iwan Hermawan. Menurut penjelasan Pak Deni, setiap siswa baru ”dipindai” karakternya berdasar hasil psikotes dan wawancara yang dijalani waktu awal masuk sekolah. Dari situ, selama tiga tahun, bakal ada track record yang dicatat dan hasilnya bakal nunjukkin potensi apa yang paling cocok buat mereka. Hal ini ngebantu banget, buktinya ada 63 orang siswa angkatan 2017 SMA Al Ma’soem yang lolos jalur SNMPTN Undangan ke PTN di Indonesia. Waaw, keren!***

Pak Abas: Guru Sagala Bisa!

Apresiasi tanpa Henti DI sekolah ini segala bentuk kegiatan dan prestasi benar-benar diapresiasi lho. Belia ngerasain sendiri pas main ke sana. Contohnya aja begitu masuk kawasan kampus SMA Al Ma’soem, kita bakal disambut sama beberapa mading yang isinya karya para siswa, foto-foto kegiatan, dan papan pengumuman prestasi—jadi prestasi-prestasi terbaru yang diraih siswanya dipajang gitu dan terlihat semua orang. Belum lagi di pilar-pilar sepanjang lorong sekolah ada semacam plakat berisi foto dan daftar prestasi yang penag diraih alumni mereka. Katanya sih sebagai bentuk terima kasih atas prestasi yang disumbangkan plus motivasi buat adik kelasnya. Oh ya, apresiasi juga gak cuma buat siswa, ada juga tradisi unik yang gak pernah terlewat di setiap acara besar yaitu menyanyikan ”Balada Haji Ma’soem” dan ”Terkenang Ema”, juga pembacaan puisi Kerendahan Hati untuk mengenang para pendahulu dan pendiri sekolah mereka. Nggak sembarang orang yang menyanyikannya lho, karena tiap tahun ada perlombaan untuk membawakan lagu tersebut. Nah juaranya ini yang nantinya tampil di tiap acara besar. Selain dapat keistimewaan itu, yang juara juga diberi beasiswa sebagai reward. Seru banget ya?***

KENALIN salah satu guru yang ada di SMA Al-Ma’soem, nama beliau adalah Pak Abas Basari. Guru biologi sekaligus wali kelas XI IPA 5 ini bisa dibilang guru yang serbabisa karena saking banyak maunya, hehe. Sejak ngajar dari tahun 2006, Pak Abas ngerasa SMA Al Ma’soem ini jadi wadah buat berkreasi tanpa batas yang akhirnya bikin beliau ngerasa tertantang untuk ikut aktif dalam banyak kegiatan, katanya supaya nambah pengetahuan dan keterampilan berorganisasi. Salut! Selain itu, beliau juga punya cara nih buat ngadepin siswa siswinya dengan ngedukung lebih jauh biar mereka semangat terus. Buktinya kalo dari siswanya punya prestasi, Pak Abas ngerayainnya dengan ngasih makanan yang dibuat sendiri. Wah, kalo sobat belia punya gak ya guru kayak gini?***

PERMATA KHATULISTIWA Belasan ribu pulau berjajar Jutaan gunung berbaris menjulang Lautan biru membentang Tapak jejak sejarah menggurat Sumber daya alam menghampar Binatang langka berdiam nyaman Bersarang di belantara kehidupan Zamrud khatulistiwa berpadu pesona keramahan Daun mendawai-dawai Angin membelai Mentari tak pernah terperai Berpacu dalam irama alam yang damai Potensi wisata dan keindahan alam Membuat haru berbalut takut Terpaku pesona permai yang hilang Terhapus musibah melahap negeri kesayangan Jelita permadani ini Memesona di atas cakrawala Menggugah sayang tak ternilai Hati tak memberi jika kau terbengkalai Bak indahnya taman disurga Telah muncul di depan mata Membuat semua orang terpana Membuatku semakin tak rela Bila sejengkal tanah tiada di mata Rahma Anjani, SMPN 3 Banjarsari, Ciamis

Kajian Enggak Bikin Bosan Selain itu juga, nasihat-nasihat yang disampaikan baik secara tulisan atau video ngena banget, pas deh diterima sama jiwa anak muda yang labil dan lagi masa-masanya pengen tau segala sesuatu.

D

ULU, kajian sering dianggap kebanyakan orang dengan acara yang ngebosenin banget, apalagi kalau cara penyampaian si pematerinya bikin ngantuk. Bukannya dapet ilmu, malah jadi ogah-ogahan karena enggak menarik. Tapi jangan salah, hal itu udah enggak berlaku lagi sekarang karena ngeliat anak muda yang aktif dan suka sama kajian-kajian apalagi kalau nyangkut soal agama. Cara nyampeinnya pun udah macem-macem, enggak lagi cuma satu arah dan tentunya makin kreatif. Nah kalau sobat belia belum ada waktu yang cocok buat ikutan, sabi banget nih cek laman berikut supaya tetep dapet ilmunya. Kuy! l Yufid.tv Kalau sobat belia lebih suka konten audiovisual, video-video pilihan yang tayang di yufid.tv ini bisa jadi temen buat ngabuburit nih. Ceramah pendek, akhlak, bincang santai, jadi konten yang juara di sana. Terus kalau sobat belia lebih suka nonton yang agak drama-drama dikit, yufid.tv punya short movie series supaya tujuan untuk ngajak dalam kebaikan pun jadi lebih seru karena isi videonya deket banget sama kehidupan kita. Enggak ketinggalan, selain ilmu kajiannya, kita juga bisa ngencengin kemampuan dalam belajar Quran, di sana juga ada lho. Oh iya, kalau misalnya sobat belia mau ajak adik-adik yang masih krucil nih, di situs web ini juga mereka menayangkan kajian anak yang menyenangkan banget. Kontennya bisa dinikmati segala umur lho, keren banget kan?! l Islami.co Ibarat toserba, website yang satu ini serba ada banget, dari soal berita, tafsir, hukum, ibadah, sejarah, tokoh, budaya, dan yang lainnya udah paling lengkap deh. Sobat belia kalau main ke sini, bisa sampe lupa waktu karena keasyikan baca artikel-artikel-

nya yang emang relate banget sama kehidupan zaman sekarang. Digawangi oleh kontributor yang kebanyakan anakanak muda lulusan pesantren yang berpengalaman, kita enggak akan jemu sama penuturan yang disampaikan. Yang lebih asyik lagi, lewat islami.co kita bisa punya akun dengan sign up dan log in kalau mau pake dan baca artikel-artikel pilihan yang udah disortir, jadinya setiap artikel yang kece tayang bisa masuk ke dashboard akun milik kita deh. l RemajaIslam.com Sadar enggak sih kalau sebagai remaja, kita pasti punya banyak pertanyaan yang berkaitan soal agama dan kadang enggak tau harus nanya siapa? Tapi tenang, lewat website yang targetnya diperuntukkan buat anak muda ini, pertanyaan itu bisa kita dapetin jawabannya di sini meskipun dari hal-hal yang sederhana. Kita bisa baca tips-tips yang bermanfaat buat daily activities, semisal tips untuk bangun pagi antitelat salat Subuh.

l KisahMuslim.com Sobat belia pernah enggak sih dapet kisahkisah nabi dan rasul waktu ikut pengajian di deket rumah? Atau mungkin dapet ceritanya dari materi buku agama Islam di sekolah? Nah, enggak cuma kisah nabi dan rasul Allah, ada banyak kisah inspiratif lainnya yang bisa kita gali dari para sahabat rasul, tabi’in, orang-orang saleh, dan kisah yang bisa jadi sobat belia temui sendiri di kehidupan seharihari. Semua itu bisa dibaca lewat website kisahmuslim.com yang memuat cerita-cerita pilihan. Sejarah yang udah sejak dulu terjadi bisa ngingetin kita untuk down to earth lagi dan makin sadar kalau kehidupan ini tuh emang perlu banget digunain sebaik-baiknya. Setuju nggak tuh? Hayu atuh meluncur aja ke situs yang satu ini! l AmmarTV.com Mau nonton TV tanpa iklan dan bebas akses kapan aja dengan muatan konten yang berfaedah? Ammar Channel bisa jadi pilihan buat sobat belia yang bosen liat acara-acara di TV pada umumnya. Di sini, enggak cuma ilmu kajian keislaman yang bisa kalian tonton lewat video di Youtube atau dengerin secara audio di Soundcloud, mereka juga aktif posting di media sosial kayak Instagram, yang tiap harinya ada aja kutipan-kutipan dengan sumber dari ayat Quran dan hadits. So, main medsos enggak cuma buat scrolling timeline aja tapi bisa juga dapet ilmu yang enggak akan kalian lewatin kalau follow akun mereka. Yuk follow sekarang!*** asysyifaahs@yahoo.com


23

SELASA (WAGE) 13 JUNI 2017 18 RAMADAN 1438 H PUASA 1950 FOTO: ISMI

FOTO: ASYIFA

Jambore Ramadan Ceria

Main Bareng Anak Yatim

SMP Semi Palar

S

Memijak Tanah Budaya dan Menyelami Lautan Budaya

H

ALO, sobat Belia. Jumat (9/6/2017) lalu, ada dua buku yang resmi dirilis dan pastinya recommended untuk dibaca. Kenapa? Karena ini hasil karya anak-anak bangsa yang masih kelas VIII SMP. Pastinya kita harus mengapresiasi dong biar semakin banyak generasi muda yang mau berkarya, nah sobat Belia di sini juga mungkin yang punya bakat nulis bisa kali jadi penulis beneran, hihi. Dua buku yang dihasilkan oleh 14 siswa-siswi dari SMP Semi Palar ini berjudul Memijak Tanah Budaya yang bercerita tentang perjalanan siswasiswinya selama di Pekalongan dan Cirebon. Buku kedua yang berisi kumpulan foto dan ilustrasi selama perjalanan kurang lebih 6 hari 5 malam dengan judul Menyelami Lautan Budaya. Selain ngobrolngobrol, ada juga penjualan buku-buku tersebut secara terbatas, jadi setelah acara selesai, booth buku langsung rame banget! Acara yang dimulai dari pukul 8.00 ini dipimpin sama 2 MC yang cantik-cantik. Penonton yang dateng mayoritas dari orangtua siswa. Orangtua bukan cuma dateng dan dengerin anak-anaknya bercerita, tetapi mereka juga diperbolehkan untuk mengajukan pertanyaan dan bercerita tentang rasanya ditinggalin anak-anak selama berhari-hari. Bukan cuma orangtua aja loh, ada budayawan juga yang dateng, tidak lain tidak bukan adalah Abah Aat Soeratin. Ada beberapa orangtua yang akhirnya angkat suara tentang pengalamannya ditinggal anaknya dari tanggal 3-8 April 2017. ”Ya pasti sedih ya soalnya ditinggalin jauh, terus kita cuma dikasih waktu telefonan selama 7 menit dan itu juga anak-anak jawabnya seadanya, jadi enggak puas,” tutur salah satu orangtua. ”Kegiatan ini penting buat dilakukan anak-anak karena mungkin sekolah lain study tour atau wisata, tapi Semi Palar membuat kegiatan yang bisa mengembara dan penuh warna. Menerapkan apa yang anak-anak dapatkan dari kelas ke kehidupan nyata. Dengan mengeksplorasi budaya saat ini, saat mereka dewasa nanti bisa menunjukkan budaya di Indonesia dan membantu negara dalam melestarikannya,” tutur Abah Aat menanggapi kekhawatiran orang tua. Selain dengerin cerita 14 siswa yang mayoritas seneng sama Pekalongan karena budayanya yang masih kental dan orang-orang yang ramah-ramah,

kru belia juga berkesempatan untuk sharing langsung sama 4 siswa yang ternyata bertanggung jawab dalam penulisan buku kemarin, di antaranya ada Toby sebagai pemimpin umum, Felicia sebagai wakil pemimpin umum, Grace seabgai pemimpin redaksi buku Memijak Tanah Budaya dan Indira sebagai pemimpin redaksi buku Menyelami Lautan Budaya. Ternyata eh ternyata, 4 pemimpin itu enggak ada pikiran buat jadi penulis di masa depan, cuma bakal tetep nulis buat mengasah kemampuannya di bidang menulis. Nah, kalo gitu apa cita-cita dan aksinya buat melestarikan budaya? Cita-citanya beragam, ada yang ingin jadi chef, penari, dan atlet. Bentuk mereka dalam melestarikan budaya juga beragam, ada yang PD menggunakan batik, melestarikan dari segi kuliner, bahkan berani bergaya beda! Wah, kalo sobat Belia bentuk melestarikan budayanya gimana nih? Hehehe.***

ELAMA Ramadan ini ngapain aja? Meskipun liburan, biasanya sih masih pada ikut kegiatan gitu ya, ada yang pesantren kilat, bukber bareng tementemen, sahur on the road, atau mungkin yang makin khusyuk buat nambah-nambah pahala di bulan suci ini. Nah, Sabtu (10/6/2017) kemarin, kru belia dateng ke salah satu kegiatan yang diselenggarain Pesantren Yatim Al-Hilal Cililin, namanya Jambore Ramadan Ceria. Di kegiatan ini ada sekitar 200 peserta lho, termasuk anak-anak yatim dan nonya-

tim. Kegiatannya ngapain aja? Ada motivasi spiritual, games edukatif, storytelling bareng Kampung Dongeng, dan aksi berfaedah lainnya. Oh iya, jambore Ramadan ini tuh udah masuk tahun keempat penyelenggaraannya lho! Dan kata Kang Abdul Wahid, selaku ketua pelaksana, tiap tahunnya ada banyak peningkatan dari berbagai hal, mulai dari peserta, sukarelawan panitia, dan isi acaranya yang makin variatif. Abis Zuhur kemarin aja para peserta seru-seruan buat hidroponik yang tujuannya sekaligus buat penghijauan pesantren. Asyik banget kan?

Sebelum ini, ada juga rangkaian dari program Ramadan bertemakan “Semarak Muliakan Yatim” berupa Tarhib Ramadan, 1.000 Wakaf Quran, Buka Bersama, dan masih banyak lagi kegiatan menarik lainnya yang bakal diadain bahkan menjelang akhir bulan Puasa dengan bagi-bagi bingkisan Lebaran buat anak yatim. Kalau sobat belia mau gabung, sabi banget nih untuk dateng ke sana, berlokasi di Jalan Rancapanggung, Cililin, Kab. Bandung Barat. *** asysyifaahs@yahoo.com

DHIANY

ismirjbnty@gmail.com

Bukber Rasa Event Musik ala Barudak SMAn 22

C

OBA sebut satu kegiatan yang identik sama bulan Puasa! Yep, buka puasa bersama alias bukber. Dijamin deh sepanjang bulan puasa tuh jadwal bukber pasti berderet, mulai dari temen sekolah, temen les, temen nongkrong, keluarga mama, keluarga papa, pokoknya enggak boleh ada yang kelewat hehehe. Nah ngomongin bukber, kemarin belia abis ngintip acara bukber salah satu sekolah di Bandung yaitu SMAN 22. Tapi eh tapi, pas ke sana ternyata bukber yang diadain Sabtu (10/6/2017) di Hotel Papandayan Bandung ini agak lain dari biasanya nih. Kalau standarnya bukber tuh acara makan-makan sama halalbihalal doang, bukber yang satu ini ada acara musiknya bahkan pake guest star segala. Jadi ceritanya kalau kata Cimy sebagai ketua pelaksana, ini acara pertama di Bandung yang mengusung konsep kayak gitu. ”Kenapa kita bikin yang acara musiknya. Pake guest star, pertama pastinya buat gimmick

acara biar pada tertarik datang, terus biar ngasih suasana yang beda aja, biar berasa lebih gimana gitu, ada kesan tersendirinya,” kata Cimy. Bukber empat angkatan (2017, 2016, 2015, dan 2014) ini juga sebagai penyambung tali silaturahmi sama alumni gitu. Guest starnya sendiri tahun ini mereka ngundang duo folk-jazz-blues-akustik Endah n Rhesa. FYI nih, acara yang udah keempat kalinya diadakan ini emang cucok banget kalau milih bintang tamu, tahun pertama mereka ngajak Tulus, selanjutnya Fathir dan Nadila, serta tahun kemarin Yura Yunita. Oiya, enggak cuma mengandalkan bintang tamu doang tapi ada penampilan dari perwakilan tiap angkatan juga kayak penampilan band dan pompom boys yang bikin ngakak. Anyways, ngomongin acaranya lagi nih, acara yang bertajuk Greatest Moment ini start sekitar pukul 4, diisi sama ramahtamah dan penampilan band-band angkatan tadi, terus nyambung sampai waktu buka puasa dan break buat makan dan salat. Beres itu ada pemutaran video angkatan yang ditujukan buat barudak 2017 yang bakalan segera dadah-dadah sama sekolahnya. And last but not least, acara ditutup sama penampilan yang paling ditunggu, Endah n Rhesa! Asli deh suasananya langsung adem banget dengerin duo ini tampil. Nomornomor kayak ”Wish You Were Here”, ”Seluas Harapan”, ”Untuk Dikenang”, dan ”Melupakanmu” nikmat banget didengerin, berpadu sama suara gemericik air kolam (venuenya di samping kolam renang gitu, FYI). Sebagai klimaks lagu ”When You Love Someone” dibawain jelang penutupan dan sukses bikin sing along. Lagu beres pas banget sama pelepasan balon gas warnawarni yang gemes banget. Aww!*** dhianynadya@gmail.com

PINTEREST

I

SLAM merupakan salah satu agama yang pertumbuhannya cukup cepat, yaitu 2,9% per tahunnya. Selain itu, pemeluk agama Islam menyebar rata ke seluruh penjuru negara di dunia. Hal ini membuat umat Islam di beberapa negara memiliki kebiasaan dan budaya sendiri dalam Islam. Kali ini belia ingin membahas beberapa pakaian Muslim yang khas dari beberapa negara.

1. Thobe atau Thawb Thobe atau thawb merupakan pakaian panjang untuk lelaki dari Timur Tengah. Panjang pakaian ini biasanya hingga mata kaki serta menutupi semua sisi badan. Thobe atau thawb biasanya berwarna putih, tetapi umumnya warna putih dipakai saat musim panas. Sementara untuk musim dingin, warna thawb yang digunakan adalah warna yang lebih gelap seperti hitam, biru donker, dan juga cokelat tua. Bahan yang digunakan juga berbeda pada tiap musimnya, saat musim panas biasanya berbahan katun sedangkan pada musim dingin berbahan wol. 2. Chador Chador merupakan pakaian Muslim yang biasa dikenakan perempuan di Iran, yaitu berupa penutup kepala setengah lingkaran yang menutupi kepala seperti sedang mengenakan selendang. Chador tidak disertai dengan pengencang, ujung kain

World Moslem Clothes

diselipkan begitu saja di bagian bawah leher atau tangan. Warna yang biasa digunakan di depan umum adalah chador berwarna hitam. Chador warna-warni hanya digunakan pada saat berada di rumah atau masjid.

3. Kurta Kurta merupakan sebutan yang berasal dari bahasa Hindi untuk merujuk baju yang umum dipakai oleh pria Muslim bagi orang Pakistan. Panjang kurta biasanya menutupi badan hingga lutut. Biasanya di padu-padankan dengan celana bahan. 4. Burqa Burqa umumnya digunakan oleh kaum wanita di Afganistan. Burqa merupakan pakaian yang menutupi seluruh badan dan juga wajah. Berbeda dengan cadar, burqa hanya menyisakan lubang-lubang kecil di bagian mata. Kebanyakan burqa berwarna biru, cokelat, hijau, atau putih. 5. Galabiyya Galabiyya adalah jubah longgar yang digunakan oleh lelaki Muslim di Mesir. Walaupun terdapat kemiripan dengan pakaian Muslim asal negara Arab yang lain, tetapi galabiyya asal Mesir lebih tampak kasual dan simpel sehingga dapat dipakai ke mana saja, baik untuk acara formal maupun nonformal.***

Nama Akun Platform Jenis konten Eksis sejak

: @remaja.islami : Instagram, Line@ : teks, foto, video : 2013

O

RANG penting: anonim.Bulan Puasa adalah bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT dan seluruh umat Muslim, bulan yang harus dipenuhi dengan ibadah juga perbuatan baik. Ibadah itu ada banyak macamnya loh Belia, salah satunya belajar. Belajar tuh bukan hanya belajar di sekolah, tetapi juga dalam ilmu agama. Nah, belia mau ngasih rekomendasi akun bermanfaat nih buat Belia, namanya @remaja.islami, akun ini bisa kalian temui di platform Instagram. Apa aja sih isinya?

Buanyak banget guys, ada informasi dan berita terkini seputar Islam dari seluruh dunia, quotes, hadits, nasehat, video-video islami yang menginspirasi juga banyak. Semakin kalian scroll feeds-nya @remaja.islami semakin banyak ilmu yang kalian dapat seputar agama Islam, semakin banyak juga deh pahala yang kalian tuai hehe. Bisa dijadiin kegiatan ngabuburit juga nih guys, itungitung killing time sampai buka puasa, daripada kalian nge-scroll feeds-nya selebgram doang ntar bukannya dapet pahala, mana tau malah jadi zina mata tuh huhu. Makanya langsung aja yuk yuk follow @remaja.islami yuks! ***

Follow Yuk!

winniekellyp18@gmail.com

winniekellyp18@gmail.com

Bandung BMX Ngabuburide 2017

Micro Cheap Market

Minggu, 18 Juni 2017 Lapangan Pelti, Jalan Ambon No. 2 bandung Pukul 14.00-selesai.

Local Goods, Preloved, Record Food Market, Music. 17 - 21 June 2017 at The Parlor Jalan Rancakendal Luhur no 9 Bandung

Bandung Big Heart 2017 "Long Life Solidarity" Ngabuburit, Akustik, Workshop, Bukber. Minggu, 18 Juni 2017 Lap. Bawet (Pulosari) Bawah Taman Film Pukul 13.00-selesai. Info: 0821177371010 (Nikki)

Pesantren Kilat Sains "Islamic Young Entrepreneur" Minggu-Selasa, 18-20 Juni 2017 Sabuga ITB Bandung Peserta: kelas VII-VIII SMP, III-VI SD Info: 089504242011


24

SELASA (WAGE) 13 JUNI 2017 18 RAMADAN 1438 H PUASA 1950 FOTO: DHIANY

RAMADAN MOMEN EN DA H N RH ES A FAMILY TIME SOBAT Belia pasti enggak asing lagi sama pasangan musisi Endah N Rhesa kan? Pemilik album ”Escape” ini kemarin sempet ngobrol-ngobrol sama kru belia. Kepo sama obrolannya? Mending langsung disimak baik-baik yuk, hihi. Hello, Kak Endah sama Kak Rhesa lagi sibuk ngapain nih? Kegiatan kami ya lagi sibuk sama ritualritual Ramadan, terus malah lagi sering sepedahan keliling-keliling. Lagi nyiapin lagu juga nih buat kolaborasi sama penulis. Oh iya, kita juga lagi meditasi buat persiapan album baru juga sih. Tahun-tahun sebelumnya kan ada kolaborasi, nah buat tahun sekarang ada rencana kolaborasi enggak nih? Kolaborasi ada sih rencana, tapi paling cuma sama satu lagu. Kebetulan kolaborasinya sama musik elektronik. Wah, kejutan baru lagi nih. Kira-kira kapan nih, Kak? Harusnya sih produksi bulan ini sih ya, ditunggu aja deh. Hahaha. Kalo buat album barunya kapan nih Kak? Nunggu project-project udah beres. Nah, kita memanfaatkan bulan Puasa ini karena makin banyak waktu luang buat berkreasi dibanding bulan lain yang malah banyak nanggungnya. Terus biasanya Lebaran tuh saya mixing rekaman kita sebelumnya. Jadi setelah Lebaran, materinya udah pada siap. Jadi sebulan setelah Lebaran albumnya udah bisa keluar, ya mudah-mudahan.

Bulan Ramadan nih Kak, ada perubahan enggak nih? Lumayan sih, lumayan drastis. Karena biasanya siang-siang kita produktif. Tapi kalo bulan Ramadan kita lebih produktifnya malem, kayak nggak tidur pas nunggu sahur. Kepo deh, apa sih yang paling ditunggu-tunggu kalian di bulan Ramadan? Semua orang pasti rutinitasnya berubah. Cuma yang paling disukai karena bulan Ramadan ini bulan introspeksi. Di mana hujat-hujatan mulai berkurang dan emang orang-orang butuh sebulan penuh buat introspeksi untuk jadi lebih baik ke depannya. Terus bulan Ramadan jadi jelas kemacetan bakal timbul jam berapa, sisanya sepi. Itu sih siklus-siklus yang ditunggu, hahaha. Kalo tradisi khusus Ramadan ada enggak Kak? Bukber sih pastinya dan lebih intim sama keluarga juga. Karena bulan Ramadan itu jadi momen buat family time sih. Terus jadi lebih sering silaturahmi, karena di hari-hari biasa kita padat. Kalo cara kalian menyiasati jadwal manggung yang mengharuskan keluar kota? Sebenernya sih sama aja, cuma

mungkin kayak ke Bandung aja Rhesa lebih milih buat pergi setelah sahur biar siangnya bisa istirahat di sini. Kalo baru siang berangkat takutnya capek di jalan. Jadi biar bisa tahan puasanya, nyaman juga ya perginya subuh. Sekitar 2 minggu lagi ke Lebaran nih, kalian ada mudik-mudik gitu enggak sih? Keluarga Rhesa sih di Jakarta, kalo keluarga Endah di Solo. Kadang ke Solo bukan hari Lebarannya, tapi seminggu atau dua minggu setelah Lebaran biar nunggu arus balik dulu. BTW, suka ambil job pas lagi Lebaran enggak? Kita suka ambil sih, hahaha. Untungnya keluarga ngerti dan support banget. Bahkan kalo lagi kumpul keluarga kita enggak pernah disuruh nyanyi, karena mereka ngerti kalo itu momen kita buat chill. Pernah mereka nanya kapan manggung lagi, eh mereka nonton rame-rame. Paling menyenangkan sih kalo keluarga support penuh, hihi. Segitu dulu obrolan kru belia sama Endah N Rhesa. Waktunya kita nunggu karya mereka nih, genk! Hihihi. *** ismirjbnty@gmail.com dhianynadya@gmail.com

The Mummy Sutradara Pemain Durasi Produksi Rating

U

Artist Label Durasi Rating

: Alex Kurtzman : Tom Cruise, Sofia Boutella, Annabelle Wallis, Jake Johnson : 107 menit : Universal Pictures :

DAH pada nonton The Mummy yang diperankan sama aktor kece Tom Cruise belum? Bisa banget nih jadi pengisi liburan sobat belia biar gak bete di rumah terus. Menceritakan Nick, tentara Amerika yang lagi ditugaskan ke Irak dan seneng banget buat berburu barangbarang antik di sana. Pencariannya nggak mudah, hingga akhirnya dia bareng temennya, Chris dan seorang arkeolog cantik bernama Jenny, berhasil nemuin peti mumi. Nggak disangka, ternyata di dalam peti tersebut ada mumi bernama Ahmanet, putri Mesir yang dulu dikubur hidup-hidup dan diasingkan ke makam di tengah padang pasir yang jauh karena ulahnya yang menakutkan. Berabadabad lamanya, Ahmanet nyimpen dendam yang nggak terbendung lagi.

Boy Toy

Palette

Akibat rasa penasaran dari Jenny dan Nick, mereka malah ngebawa peti itu ke London. Bukannya bikin penyelidikan, Ahmanet malah bangun dari kuburnya dan menebar teror kegelapan yang bikin manusia terancam. Biar pembalasan dendam Ahmanet nggak semakin menjadi, Nick cs harus berusaha buat menghentikan rencana jahat si putri Mesir itu sebelum semuanya terlambat. Widiiihh, aktingnya Tom Cruise di sini keren banget tuh, enggak cuma adegan-adegan actionnya, tapi juga jokes yang ditampilkan lumayan bisa bikin perut ketawa. Belum lagi pembawaan karakter dari Sofia Boutella yang jadi mumi bikin kita masih kebayangbayang sosoknya meski udah selesai nonton. So, buat sobat belia kuy atuh mlipir aja ke bioskop kesayangan buat nontonin film yang satu ini! *** asysyifaahs@yahoo.com

Penulis Penerbit Tebal Rating

: IU : LOEN Entertainment (2017) : 39 menit 1 detik :

P

ASTI kamu-kamu semua yang demen K-pop udah enggak asing lagi sama singer-songwriter berwajah manis yang punya vokal unik yang satu ini. Yeps, ini dia Lee Jieun, atau lebih dikenal dengan nama panggungnya, IU, salah satu musisi Kpop yang enggak semata-mata terkenal karena punya paras yang menarik, tetapi juga kemampuan bermusiknya yang keren. Di tahun 2017 ini, IU hadir dengan full album keempatnya yang dikasih ngaran ”Palette” setelah terakhir kali ngerilis materi pada 2015 lalu lewat EP ”CatShire”. Masih melantunkan lagu-lagu dengan lirihan vokal yang cute, tetapi kerasa banget musik IU jadi lebih dewasa pada album terbarunya ini. Lagu-lagu yang ada dalam album ini didominasi oleh warna musik balada dan pop ringan dengan vokal IU yang lirih. Hal ini tersaji dalam single andalannya yang punya judul sama dengan album ini, ”Palette”, IU menggandeng rapper kon-

dang G-Dragon untuk merepetkan lirik-liriknya dalam satu track yang romantis dan lovely banget. Namun, ada juga lagu yang upbeat dan danceable, seperti ”Jam Jam” dan ”Black Out”. Duet IU dengan Oh Hyuk, vokalis band indie Korea, Hyu Koh pada lagu ”Can't Love You Anymore”, adalah satu track yang enggak boleh kamu lewatin. Lagunya romantis banget, dengan harmonisasi vokal IU dan Oh Hyuk yang sangat apik. Luv banget! Total ada sepuluh lagu yang IU kasih buat para penggemarnya. ”Palette” is definitely an album you wouldn't want to miss. Lupakan deh cetakan K-pop instan ala boyband dan girlband idol yang terlalu lazim, musiknya IU dalam album ini benerbener ngasih kamu warna musik K-pop yang berbeda, tetapi masih easy-listening. A very fun album. *** syauqy_belia@yahoo.com

B

: Alia Zalea : Gramedia Pustaka Utama : 384 halaman :

OY Toy karangan Alia Zalea ini merupakan seri pertama dari rangkaian seri Pentagon guys. Bercerita tentang Lea, seorang dosen muda bergelar Ph.D yang anti banget sama boyband, brondong, dan ABG. Namun, takdir mempertemukannya dengan Taran, seorang personel boyband terkenal yaitu ”Pentagon”. Tak hanya personel boyband, Taran juga brondong banget buat Lea. Lea merasa seperti menjilat ludahnya sendiri saat kepincut sama Taran hahaha. Taran berhasil membuat Lea seperti anak ABG yang ngefans banget sama boyband, ya bisa dibilang sampe kayak fangirling gitu. Nah, yang bikin seru adalah cara Taran menaklukkan hati Lea, ia punya cara-cara yang unik dan kocak juga, bener-bener bisa bikin pembaca baper dan ketawa-ketawa sendiri hehe. Konflik yang ditampilkan dalam novel ini juga seru banget guys, mulai dari konflik Lea dan perasaannya sendiri, ada juga

mantan-mantan yang mengganggu hubungan mereka, dan masih banyak lagi. Karakter Lea digambarkan benerbener sebagai wanita yang dewasa dalam menyikapi segala masalah yang terjadi. Sementara Taran digambarkan sebagai idola yang kalo dibayangin sih bakal ganteng parah, suaranya merdu, pinter main alat musik, sifatnya yang humoris, huhu pokoknya bisa banget bikin pembaca fangirling deh. Kisah cinta Lea dan Taran ditampilkan dengan ringan juga diselingi dengan humor-humor yang bisa bikin pembaca ngakak. Selain itu, sikap dewasa Lea dalam menghadapi masalah percintaan dan kehidupannya juga bisa banget dijadiin contoh buat Belia menyikapi suatu masalah. Hmm, jadi enggak sabar nunggu seri Pentagon yang berikutnya nih, gimana ya kelanjutan hubungan Taran dan Lea? Nah, baca Boy Toy dulu yaaa Belia!*** winniekellyp18@gmail.com

Modest Street Style MASIH cari gaya yang pas untuk salat Tarawih yang dilanjutkan dengan bukber dengan teman-teman atau keluarga? Iiih, jangan bingung lama-lama, karena belia bakal kasi contekan lagi gaya yang oke buat kamu adaptasi jadi pakaian sehari-hari, atau dengan kemampuan mix and match kamu bisa dapetin gaya edgy nan trendi. Simak yaaa....***

FOTO: PINTEREST

Epaper Belia 13 Juni 2017  

Epaper Belia 13 Juni 2017

Epaper Belia 13 Juni 2017  

Epaper Belia 13 Juni 2017

Advertisement