#BestMagz Edisi 3 by BestHostels Indonesia (Backpacker's Travel Magazine)

Page 1

Edisi 3 / Januari 2022

#BestMagz Indonesia’s First Backpackers Magazine

Pengalaman Tanpa Batas Menunggumu

Gunung Bromo, Jawa Timur


It’s a wrap!

Welcome to our third E-magazine! Rahmadi Aditya Putra Founder BestHostels Indonesia

Booking penginapan pakai BestHostels Indonesia Nginepnya di pusat Kota Jakarta Selamat tahun baru buat Bestpackers semua Weekend ini enaknya kita kemana? Bismillah Hirahman Nirahim, Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam sejahtera bagi kita semua. Shalom. Om Swastyastu. Namo Buddhaya. Salam Kebajikan. Selamat tahun baru 2022 bagi para Bestpackers. Rasanya seperti waktu berjalan begitu cepat, ya. Tanpa disadari BestHostels Indonesia telah memasuki tahun ketiga di 2021 lalu. Selain pertambahan usia, tahun 2021 juga jadi saksi banyaknya hal penting yang dilewati BestHostels Indonesia. Kami mendapatkan beberapa achievement di tahun 2021, mulai dari dengan terpilih di ajang Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 oleh Kementerian Pariwisata, menjadi kandidat 25 besar di ajang Superpreneur dari PT Djarum, hingga terpilih untuk ikut mengadakan pameran di ajang Pacific Exposition 2021 yang dilaksanakan oleh kedubes Indonesia di New Zealand.

Di tahun yang sama, kami juga merilis paket Bundling Trip Seru. Paket ini menyajikan fasilitas bundling aktivitas wisata plus menginap di hostel yang hadir di berbagai daerah seperti Yogyakarta, Malang, Bali, Lombok, dan Labuan Bajo. Pada awal tahun 2022 ini, kami merilis fitur Group Booking, fitur baru yang dapat mempermudah Bestpackers dalam melakukan pemesanan grup dengan harga yang sesuai dengan budget. BestHostels Indonesia berterima kasih pada para Bestpackers dan Bestpartners yang sudah menjadi bagian dari perjalanan seru kami hingga saat ini. Semoga di tahun yang baru ini ada lebih banyak inovasi yang dilahirkan oleh BestHostels Indonesia. Di tahun 2022 ini, kami memproyeksikan perluasan jaringan kemitraan di lebih banyak kota di Indonesia untuk menjangkau antara 250-300 BestPartners serta mencanangkan kerjasama strategis lainnya untuk menunjang pengembangan bisnis kami. Informasi lebih lanjut seputar BestHostels Indonesia, bisa diakses di besthotels.co.id, atau menghubungi booking@besthostels.co.id untuk melakukan pemesanan. Ikuti kami di media sosial Instagram, Facebook, Twitter, YouTube, TikTok dan LinkedIn untuk pembaharuan informasi terkini dan konten-konten inspiratif, atau pelajari lebih lanjut tentang program kemitraan untuk menjadi Bestpartners di besthostels.co.id/menjadi-mitra.


Daftar isi Welcome

1

Editorial

2

Tak Kenal Maka Kenalan

Foto: Rahmadi Aditya Putra Foto sampul ini diambil di kaki Gunung Bromo. Menjadi gunung yang ikonik di wilayah Jawa Timur, Gunung Bromo adalah salah satu gunung aktif di

Tentang Besthostels Indonesia, Visi dan Misi

3

Sobat Bestpackers: Anak Muda Inspiratif Panutan Saat Backpacker-an

5

Tidak Terasa, Kita Sampai di Tahun Ketiga

9

Ide Workshop Seru Untuk Mengisi Liburanmu

21

Indonesia yang secara administratif terletak di 4 kabupaten. Gunung ini

terkenal dengan pemandangan golden sunrise-nya dan menjadi salah satu yang terbaik di Pulau Jawa. Selain

keindahan alam, Bromo juga memiliki

keunikan dalam hal budaya. Di gunung ini setiap tahunnya diselenggarakan upacara Kasada oleh suku Tengger

sebagai wujud persembahan syukur

Cerita dari Hostel Hostel di Indonesia Sudah Berdiri Sejak 1969

11

Dari Hotel Hijrah ke Hostel, Cerita Mia dari Pinx Hostel

25

Penulis & Editor Rahmadi Aditya Putra Laras Setyaningsih Wilhelmus Venrico .S Kontributor Rahmadi Aditya Putra Desain & Layout Tim Kreatif BestHostels Indonesia Untuk informasi pemasangan iklan hubungi: Luky: 0823 4110 2025

Rekomendasi Hostel Rekomendasi Hostel

13

Group Booking Fitur Group Booking dari BestHostels Indonesia, Solusi Work Life Balance

5 Cerita Rakyat Paling Populer yang Menemani Masa Kanak-kanakmu

31

Bangga: Gamelan Resmi Diakui UNESCO!

33

Best Info Horoscope

35

Doa perjalanan

37

5 Alasan Hostel Jadi Kebutuhan Wisata Generasi Milenial dan Gen Z

39

Mau Menginap di Hostel? Yuk, Kenali Dulu Aturan Tidak Tertulis Ini!

43

Tips & Trip Kenalan dengan Stranger di Hostel? Siapa Takut!

kepada leluhur atau Hyang Widhi.

Penanggung Jawab Rahmadi Aditya Putra

Pojok Pengetahuan

19

Cerita Bestpacker Hostel, Bisa Jadi Alternatif Kos Murah di Jakarta

23

Cerita pengalaman Dwie traveling ala backpacker

27

Kegagalan Menginspirasi Sapta Windhu Untuk Keliling Indonesia

29

41

Jejak Destinasi Bestpackers, Ini 7 Fakta Menarik tentang Candi Borobudur

45

7 Wisata di Jakarta yang Nggak Boleh Dilewatkan

47

Hal Seru yang Wajib Banget Dilakukan Saat di Yogyakarta!

49

Jejak Kuliner 7 Makanan Khas Bali yang Wajib Dicicipi!

53

2


Tak Kenal Maka Kenalan

Tentang Besthostels Indonesia : Visi dan Misi Penulis & Editor : Laras Setyaningsih BestHostels Indonesia tidak bisa bergerak tanpa adanya visi dan misi. Kami berangkat dengan keinginan ingin ‘membantu’ kemajuan industri pariwisata Indonesia dengan mengolong pengusaha hostel lokal. Goals ini kami jabarkan dalam bentuk visi misi berikut.

3

#BestMagz by BestHostels Indonesia


Paket Open Trip ke Nusa Penida TERJANGKAU BANGET!

Pesan Sekarang! hanya di BestHostels.co.id atau hubungi kami di 0852 1188 8438 (Call / WhatsApp)


Tak Kenal Maka Kenalan

Sobat Bestpackers : Anak Muda Inspiratif Panutan Saat Backpacker-an Penulis : Laras Setyaningsih / Editor : Wilhelmus Venrico .S BestHostels Indonesia terus-terusan tidak mau jauh dari kamu. Kami selalu berupaya memberikan yang terbaik. Nah, salah satu program yang kami gagas di bulan November lalu adalah ‘Sobat Bestpackers’. Mereka adalah sosok inspiratif yang telah melalui tahap seleksi untuk menjadi representatif BestHostels Indonesia. Sobat Bestpacker adalah mereka yang suka berpetualang tanpa batas tapi tetap dengan budget yang ramah di kantong. Mereka juga menjadi role model di circle-nya, karena suka menginspirasi banyak orang untuk ikut berpetualang dan

5

meng-explore berbagai destinasi wisata di Indonesia. Nah, sebagai Sobat Bestpacker, mereka senang berbagi cerita denganmu, mulai dari berbagi pengalaman di media sosial, menjadi bagian dari komunitas, dan berbagai aktivitas seru lainnya. Dengan mengusung misi ‘adventure nggak harus mahal’, nantinya Sobat Bestpacker bakalan menemani kita dengan kontenkonten bertema traveling yang menarik, inspiratif, dan dan seru. Jadi buat kamu yang ingin traveling namun budget tipis, tips dan pengalaman Sobat Bestpackers selama jalan-jalan ini bisa banget

dijadikan referensi buat kamu. Tidak hanya ramah di kantong, dalam memberikan rekomendasi Sobat Bestpackers juga tetap mengutamakan kualitas dan kenyamanan, lo. Mulai dari akomodasi pilihan hingga aktivitas seru di destinasi wisata yang dikunjungi. Nah, udah nggak sabar pengen kenalan langsung dengan Sobat Bestpackers yang punya latar belakang unik serta pengalaman traveling yang tidak perlu diragukan lagi? Yuk, simak profil mereka berikut.


Siapa sih Sobat Bestpackers yang sedang bertugas saat ini? Pada batch pertama ini ada 6 Sobat Bestpackers terpilih dari Bali. Mereka semua kece badai dan cinta banget sama traveling. Kenalan dulu dengan masing-masing Sobat Bestpackers Batch 1, yuk. Oswaldus Brianto Hambut

Ayu Natalia Tjahjadi

I Gede Darmadi

Sobat Bestpackers selanjutnya adalah Ayu Natalia Tjahjadi. Sering dipanggil Natalia, gadis cantik ini punya mimpi untuk traveling dari ujung Sumatera hingga ujung Papua. Natalia sudah mendatangi berbagai kota wisata di Indonesia mulai dari Bali, Bandung, Malang, sampai Lombok.

Bagi Gede, traveling adalah bagian dari hidupnya. Mengusung quote dari penulis terkenal, Paulo Coelho, motto hidup Gede adalah “Travel is Never a Matter of Money, But Courage”. Pas banget dengan prinsip Bestpackers, ya? Selain jadi traveler, Gede saat ini juga bekerja di industri perhotelan.

Nah, buat kamu yang hobi makan, Natalia juga tahu benget nih rekomendasi makanan-makanan mulai dari makanan murah meriah sampai makanan khas daerah yang wajib banget buat kamu cobain.

Buat pecinta film, cocok banget nih sama Gede. Gede sering mengulas film film favorit yang iat tonton mulai dari film karya sutradara tanah air Gundala sampai film superhero The Eternals di akun instagramnya, lo. Eitts, ga perlu khawatir ketinggalan ulasannya, kalian bisa langsung cek aja di highlight akun instagram Gede, ya.

Travel enthusiast asli Flores yang akrab disapa Brian ini, selain jadi mahasiswa di Bali juga hobi berkeliling ke tempat-tempat wisata terbaik di Indonesia, terutama wisata alam. Rasanya hampir seluruh wisata alam yang kece di Bali pernah didatangi oleh Brian, deh.

Bestpackers bisa melihat serunya perjalanan Brian di akun Instagram pribadinya @_brianpacker_. Brian juga sempat berbagi kisahnya menginap di hostel bersama BestHostels Indonesia di talkshow BesTalk. Kamu bisa kepoin langsung pembicaraannya di Instagram @Besthostel_id.

Natalia juga seorang yang sangat multitalenta, lo. Karena selain seorang traveler, ia juga seorang content creator seputar traveling dan kuliner di media sosial Instagram dan TikTok. Selain itu, Natalia juga berbakat sebagai voice over talent dengan suaranya yang nyaman banget di telinga. Bestpackers bisa bersapa dengan Natalia di akun Instagram @haynatss.

#BestMagz by BestHostels Indonesia

Track record traveling Gede juga tinggi banget, lo. Dalam profilnya Gede menyebut sudah “khatam” dalam menjelajah Bali. Bestpackers bisa melihat foto-foto tempat wisata keren beserta tips traveling dari Gede di akun Instagram @igdarmadi.

6


I Gusti Agung Ayu Ratih

Dodik Restu Maharta

I Wayan Dedy Putra Mahardika

Sebutan travel addict rasanya sangat pas disematkan untuk si cantik yang satu ini. Perempuan yang akrab disapa Ayu ini telah menjelajahi berbagai pulau di sekitar Bali dan Jawa. Walau sebagai pekerja swasta, Ayu selalu menyempatkan waktu untuk traveling dan melepas penat sekaligus bikin konten media sosial.

Traveling jadi salah satu pilihan escape terbaik untuk Dodik ketika ia lelah menghadapi rutinitasnya. Pria yang berprofesi sebagai bar consultant ini mengaku sudah pernah mengunjungi semua kota di Pulau Bali, lo.

Aktif sebagai seorang fotografer tentunya membuat Dedy tidak bisa jauh-jauh dari dunia traveling. Cowok yang akrab disapa Dedy ini berdomisili di Bali, namun kerap mengunjungi berbagai tempat di sekitar Bali, seperti Nusa Penida dan Banyuwangi.

Bagi seorang Ayu “Traveling is a lifestyle” . Karena itu sosoknya sangat passionate jika diajak berbincang tentang berbagai topik traveling. Bestpackers, sebagai seorang cewek Ayu telah membuktikan kalau solo traveling dengan mengendarai motor ke berbagai destinasi di Bali dan menginap di hostel juga aman banget, lo.

Untuk menyalurkan hobi travelingnya, Dodik juga mendirikan komunitas Backpacker Bali. Kalau kamu yang ingin menambah koneksi, butuh rumah singgah, atau butuh temen jalan-jalan di Bali, cus, langsung kepoin di akun instagram @backpackerbali.

Di akun instagramnya, Ayu sering berbagi tips and trick seputar traveling dan creating content, lo. Ayu juga siap banget kalau Kamu bisa melihat perjalanan Ayu ke tempat-tempat seru di akun Instagram @gungaay.

Selain traveling, Dodik juga punya hobi fotografi dan olahraga. Cowok yang berdomisili di Bali ini punya motto hidup “Life is not about waiting for the storm to pass. It’s about learning how to dance in the rain”. Ngga heran, Dodik terlihat selalu menikmati momen-momen yang ia alami di mana pun ia berada. Ikuti petualangan Dodik menjelajah destinasi wisata menarik di Indonesia lewat akun Instagram @dodikrestu_m.

7

#BestMagz by BestHostels Indonesia

Di sela-sela kesibukannya bekerja, Dedy juga menyempatkan waktu untuk mengabadikan pengalaman liburannya. Kamu bisa lihat jepretan-jepretan yang keren, serta cari inspirasi dari perjalanan Dedy di akun Instagram @gasdedd. Nah, keren-keren ya profil dari Sobat Bestpackers. Selain di media sosial dari mereka, Bestpackers juga bisa kepoin Instagram @Besthostels_id dan nantikan banyak event menarik yang kami adakan bersama Sobat Bestpackers. Nah, biar nggak ketinggalan acara seru ini jangan lupa kepoin akun media sosial dan website BestHostels Indonesia, ya! See you di next event Bestpackers.


Bicara Seru


Tak Kenal Maka Kenalan

Tidak Terasa, Kita Sampai di Tahun Ketiga Penulis & Editor : Laras Setyaningsih Bulan November 2021 lalu jadi bulan yang membahagiakan buat BestHostels Indonesia, Bestpackers. Karena pada 7 November 2021, platform ini resmi berusia 3 tahun. Bestmin tahu angka ini masih tergolong belia buat sebuah platform. Tapi kami yakin akan ada ulang tahun-ulang tahun selanjutnya yang bakalan kita rayakan bersama. Nah, ngomong-ngomong tentang ulang tahun paling enak kalau kita flashback, nih. Jadi, ide awal BestHostels Indonesia lahir dari CEO sekaligus Foundernya bernama Rahmadi Aditya. Berawal dari ide, akhirnya BestHostels Indonesia berhasil berkembang dengan jangkauan lebih dari 160 mitra di

9

seluruh penjuru nusantara. Kami juga pernah menjadi bagian dalam berbagai perhelatan tingkat nasional maupun regional, lo. Di tengah situasi pandemi yang melanda Indonesia dan dunia ini, BestHostels Indonesia tidak mau menyerah. Kami berusaha untuk terus berkembang sembari menyesuaikan diri dengan perubahan pasar dan situasi bisnis. Dengan visi menjadi platform pilihan untuk solusi perjalanan yang ramah biaya, tim BestHostels Indonesia berkomitmen untuk menciptakan petualangan tak terbatas bagi Bestpackers di seluruh Nusantara. Upaya ini diwujudkan dengan bertambahnya variasi produk yang

#BestMagz by BestHostels Indonesia

ditawarkan BestHostels Indonesia, antara lain boat shuttle, airport transfer dan eXplore. Harapannya sih terobosan ini dapat memberikan lebih banyak pengalaman dan manfaat dalam satu platform. Inovasi-inovasi marketing pun telah banyak dilahirkan oleh CEO dan Foundernya sendiri, Rahmadi Aditya, untuk memastikan BestHostels Indonesia bisa jadi media untuk menjangkau semua orang. Contoh upaya tersebut adalah BestMagz, majalah elektronik dua-bulanan yang dapat diunduh secara gratis, serta Podcast Bisu (Bicara Seru) yang dapat diakses melalui Spotify dan Apple Podcast.


Nah, yang jadi kebanggaan, BestHostels Indonesia sering diundang dalam acara-acara tingkat nasional dan internasional. Pada bulan Oktober lalu, kami juga berkesempatan mengikuti Pacific Exposition 2021, event daring terbesar yang menampilkan para pelaku perdagangan, investasi dan pariwisata di area Pasifik yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Indonesia di Selandia Baru. Sedangkan pada bulan September, BestHostels Indonesia juga turut berpartisipasi dalam Pameran Apresiasi Kreasi Indonesia 2021 yang diadakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Bali, yang memamerkan produkproduk ekonomi kreatif dari berbagai sektor mulai dari kuliner, teknologi hingga pariwisata.

CEO dan Founder BestHostels Indonesia, Rahmadi Aditya, mewakili seluruh tim kerja ingin menyampaikan, “Hari ini tim BestHostels Indonesia berterima kasih banyak untuk para Bestpackers dan Bestpartners yang sudah menjadi bagian dari perjalanan seru kami hingga saat ini. Di usia kami yang ketiga ini, tim kami terus berinovasi dalam menjalankan misi kami untuk menciptakan pengalaman unik dan memberikan solusi perjalanan bagi pejalan dengan biaya terjangkau. Di tahun 2022 kami memproyeksikan perluasan jaringan kemitraan di lebih banyak kota di Indonesia untuk menjangkau lebih dari 250 BestPartners, serta mencanangkan kerjasama strategis lainnya untuk menunjang pengembangan bisnis kami.”

#BestMagz by BestHostels Indonesia

Terus temani perjalanan kami ya, Bestpackers. Kamu bisa semakin dekat dengan BestHostels Indonesia dengan mengikuti akun-akun media sosial resmi kami. Semoga persahabatan kita bisa terus erat.

10


Cerita dari Hostel

Hostel di Indonesia Sudah Berdiri Sejak 1969 Penulis & Editor : Laras Setyaningsih

Buat sebagian orang, hostel memang baru kedengaran akhir-akhir ini. Banyak yang mengira penginapan berbasis dormitory ini adalah hal baru di Indonesia. Padahal faktanya nggak demikian, ya. Hostel di Indonesia diketahui berdiri pertama kali pada tahun 1969. Hostel pertama ini bernama Wisma Delima yang berlokasi di Jalan Jaksa, Menteng, Jakarta Pusat. Lokasi tepatnya berada di belakang Warkop Delima, tepat di Jalan Jaksa No.5, Jakarta Pusat. Jika kamu lewat area jalan tersebut, bisa saja kamu tidak menyadari keberadaan Wisma Delima. Pasalnya, area gedung terlihat sama dengan lingkungan sekitarnya.

Wisma Delima dulunya didirikan oleh seorang pria bernama Nathanael Lawalata. Sayangnya pada awal pendiriannya hostel ini masih sepi peminat. Pada saat itu tarif menginap di hostel masih sangat murah yakni 200 rupiah saja. Kala itu, angka 200 rupiah setara dengan satu dolar Amerika. Meski sudah sangat murah namun keberadaan Wisma Delima tak kunjung dilirik. Alhasil, Nathaniel dan keluarga berusaha menempuh berbagai cara promosi. Salah satu cara yang paling sering dilakukan adalah nongkrong di Bandara Kemayoran untuk mencari turis. Tapi tetap saja tamu masih sedikit.

11


Keadaan Mulai Berubah Keadaan ini berubah pada tahun 1972. Kala itu Nathanael bekerja di sebuah biro perjalanan bernama Travel Bhayangkara dan ia disarankan untuk bergabung ke Federation Youth Hostel International. Federation Youth Hostel International sendiri merupakan sebuah federasi internasional yang menaungi lebih dari 4.000 hostel di seluruh dunia. Momen itulah yang menjadi titik balik Wisma Delima, dari yang sepi pengunjung menjadi ramai. Tamu berdatangan dari berbagai negara karena Wisma Delima tercantum dalam buku panduan wisata sekelas

Lonely Planet. Perjalanan hostel yang satu ini semakin mentereng pada tahun-tahun berikutnya.

juga akhirnya mengontrak rumah tetangga kanan-kiri sini untuk turis. Karena disini sudah tidak muat lagi.

Tahun 1979 hingga 1990 dianggap sebagai masa kejayaan Wisma Delima. Pemasukan yang mengucur dijadikan modal untuk menambah kamar tamu, dari yang awalnya 12 menjadi 14. Ada juga tambahan 2 kamar khusus untuk rombongan enam orang atau tipe dormitory.

Tamu-tamu yang menginap di hostel ini datang dari berbagai negara berbeda. Ada yang dari Belanda, Prancis, Jerman, Malaysia, China, Korea Selatan, dan Jepang.

Menurut Boy Lawalata, putra ketiga Nathanael yang kini mengelola Wisma Delima, pada Historia, “Setiap musim liburan di Eropa, kamar penuh terus. Bahkan sampai ke lantai. Mereka sampai tidur hanya dengan kantong tidur. Dan kita.

#BestMagz by BestHostels Indonesia

Meskipun tidak seramai dulu tapi Wisma Delima masih tetap eksis di beberapa wisatawan mancanegara. Usut punya usut ternyata pemilihan hostel ini karena turis tidak hanya butuh fasilitas tapi juga kenyamanan dan suasana saat menginap.

12


Rekomendasi Hostel Mau liburan tapi bingung nginepnya dimana? Butuh referensi penginapan yang terjangkau tapi tetap asik? Dari Yogyakarta sampai Bali, BestHostels Indonesia tau banget nih rekomendasi seru buat liburan kamu! Yuk, cek rekomendasi hostel seru buat kamu di bawah ini!

MALANG

Hostel di Malang

Semeru Hostel Malang

Kapal Garden Hotel by UMM

Cubic One Capsule Hostel

Terletak di Oro-Oro Dowo, SEMERU HOSTEL MALANG memiliki lounge bersama, taman, dan teras. Akomodasi ini menyediakan resepsionis 24 jam, antar-jemput bandara (subcharge), dapur bersama, dan WiFi gratis.

Selamat datang di Kapal Garden Hostel. Berlokasi di Malang penginapan ini memberimu pengalaman unik bermalam dengan hawa sejuk khas pegunungan.

Cubic One Capsule Hotel menawarkan akomodasi di Malang dan berjarak sejauh 8 menit berkendara dari Malang Town Square. Properti ini memiliki WiFi gratis dan resepsionis 24 jam.

Dilengkapi dengan fasilitas lounge bersama, pusat kebugaran, dan taman Bestpackers akan semakin betah saat menginap. Kapal Garden Hostel by UMM juga menawarkan fasilitas prasmanan atau ala carte dengan menu menggiurkan, lo.

Tiap kamar dilengkapi dengan AC dan ruang penyimpanan. Shower air panas dan handuk tersedia di kamar mandi. Staf di properti dapat membantu anda terkait penitipan bagasi dan sarapan. Fasilitas lain yang tersedia di Cubic One Capsule Hotel adalah parkir gratis.

Di hostel, semua kamar dilengkapi dengan area tempat duduk, TV kabel layar datar, Netflix, Youtube, dapur bersama, ruang makan bersama, serta kamar mandi bersama dengan pengering rambut, bidet, dan shower. Akomodasi ini juga menyediakan meja kerja. Semeru Hostel Malang menawarkan sarapan ala carte halal. Daerahnya populer untuk bersepeda, dan akomodasi menyediakan rental sepeda motor dan mobil.

13

Punya lokasi yang strategis Kapal Garden Hostel hanya butuh waktu 18 menit menuju Museum Angkut, 14 menit menuju Batu Night Spectacular (BNS), dan 10 menit menuju Kampung Wisata Keramik Dinoyo.

#BestMagz by BestHostels Indonesia

Cubic One Capsule Hotel terletak sejauh 800 meter dari Universitas Brawijaya dan 10 menit berkendara dari Mal Olympic Garden. Bandara terdekat adalah Bandar Udara Abdul Rachman Saleh, 13 km dari properti.


YOGYAKARTA

Hostel di Yogyakarta

Peta Lodge Backpacker Hostel

Alexiz Hostel

Arjuna Garden Homestay

Peta Lodge Backpacker Hostel menawarkan akomodasi di Ngabean.

Halo Travellers! Alexiz Hostel terletak di Jl. Prawirotaman 2 No.39 yang dekat dengan Sultan Palace.

Fasilitas di akomodasi ini termasuk dapur bersama, lounge bersama, dan Wi-Fi gratis di semua area. Tempat parkir pribadi dapat diatur dengan biaya tambahan. Semua kamar di hostel ini ber-AC dan memiliki kamar mandi bersama.

Jika kamu ingin bejalan-jalan dan berencana mengunjungi pusat lokasi wisata seperti Malioboro, Istana Taman Sari dan tempat lainnya, kamu tentu bisa lebih mudah menjangkaunya dari Alexiz Hostel.

Arjuna Garden Homestay terletak di Yogyakarta, 2,6 km dari Taman Pintar dan 2,7 km dari Keraton Yogyakarta. Hostel ini menyediakan akomodasi dengan taman, WiFi gratis di seluruh areanya, dan parkir pribadi gratis bagi Anda yang berkendara.

Yogyakarta berjarak 2,3 km dari RedDoorz Hostel near Tugu Train Station, sedangkan Kaliurang berjarak 25 km. Bandara terdekat adalah Bandara Adisucipto, 10 km dari akomodasi.

Selain memiliki fasilitas seperti restoran vegetarian, bar, cafe, coffee shop, rental sepeda, dan lainnya, Alexiz Hostel menyediakan kamar privat dan juga kamar dormitori yang menjadikan Alexiz Hostel sebagai akomodasi yang sempurna untuk kamu. Memiliki 3 kamar dormitori dan 1 kamar privat yang dilengkapi penyejuk ruangan dan kamar mandi dengan desain eksotis serta air hangat.

Akomodasi ini berjarak 3 km dari Benteng Vredeburg, 3,1 km dari Museum Sonobudoyo, dan 3.3 km dari Gedung Agung. Terdapat meja layanan wisata, layanan tiket, dan penitipan bagasi untuk Anda. Hostel ini menawarkan teras. Arjuna Garden Homestay berjarak 4,3 km dari Mal Malioboro dan 6 km dari Tugu Yogyakarta. Bandara terdekat adalah Bandara Adisucipto, 13 km dari akomodasi ini.

Tersedia juga akses internet gratis dan ruang baca.

#BestMagz by BestHostels Indonesia

14


LOMBOK

Hostel di Lombok

Truster Hostel

Gili Buana Hostel & Backpackers

Begadang Backpackers

Truster Hostel menawarkan pengalaman menginap tak terlupakan, tempat yang nyaman dan bersih yang bisa anda rasakan, lokasi penginapan yang strategis akan memudahkan anda untuk menjelajahi Desa Kuta.

Selamat datang di Gili Buana Hostel. Meski sedang jauh dari rumah bukan berarti kamu tidak bisa merasakan nuansa homey. Kesan homey tetap bisa kamu dapatkan jika menginap di Gili Buana Hostel.

Selamat datang di Begadang Backpackers Hostel. Meski namanya begadang namun menginap di hostel ini tidak akan sanggup membuatmu begadang. Alasannya fasilitas kamar yang nyaman dijamin bikin Bestpackers ingin buru-buru rebahan.

Jarak ke Bandara sekitar 18km dari hotel. Para tamu akan menemukan pemandangan dari Sasak Soul, Seger Reef Surf Shop dan Ashtari Yoga tidak jauh dari hostel. Setelah seharian bertamasya, para tamu dapat beristirahat dalam kenyamanan hostel.

Mengusung konsep nyaman ala rumah hostel ini punya fasilitas yang lengkap. Bahkan kamu bisa mendapatkan fasilitas sarapan pagi gratis berupa roti bakar dengan pilihan toping selai nanas yang lezat dan coklat meses. Selai nanas ini merupakan home made yang dibuat dengan hati khusus untuk Bestpackers. Soal lokasi tidak perlu khawatir. Hostel homey ini berada di lokasi yang strategis dengan hanya 7 menit dari Sunrise Point Rinjani dan 6 menit dari Pelangi Beach.

15

#BestMagz by BestHostels Indonesia

Fasilitas kamar ber-AC dengan balkon dan area duduk santai membuat Bestpackers enggan beranjak dari kamar. Di hostel ini Bestpackers juga mendapatkan layanan penitipan bagasi sehingga barang bawaan dijamin aman. Begadang Backpackers Hostel punya lokasi yang strategis karena berjarak 5 km dari Pantai Medana dan 6 km dari Sunset Point.


BALI

Hostel di Bali

Ozora Tiying Tutul

Beach Hut Hostel

Ubud Tropical

Selamat datang di Ozora Tiying Tutul Hostel, hostel ini adalah salah satu hostel rekomendasi besthostels.co.id, karena hostel ini sangatlah luas, bersih, dan sangat nyaman untuk travelers. Selain dari tempatnya yang luas, hostel ini mempunyai fasilitas yang lengkap seperti kolam renang, dapur, microwave, dan kulkas untuk para travelers.

Halo Travelers, Selamat datang di beach hut Hostel, selamat datang juga Di Daerah Kuta.

Halo Teman Travelers, Selamat datang di salah satu Hostel terbaik rekomendasi dari Best Hostels yaitu Ubud Tropical Hostel. Hostel ini berada di tengah ubud dengan pemandangan alam yang hijau dengan udara yang sangat bersih. kalau kamu butuh ketenangan, kamu perlu kesini.

Staffnya pun sangat baik, ramah dan selalu bersedia untuk membantu para travelers. Letak dari Ozora Tiying Tutul Hostel sangat strategis, terletak di tengah tengah hiruk pikuknya Canggu, hanya 6 menit ke Echo Beach & Pantai Pererenan, 12 menit ke Finns Beach Club dan 7 menit ke La brisa. Terdapat resepsionis 24 jam, transfer ke bandara, dapur bersama, dan Wi-Fi gratis di seluruh areanya.

Hostel ini mengusung konsep ​ Modern Industrial Rustic Concept dengan warna warna yang cerah dan tropical vibe yang cocok untuk ​boosting vibe liburanmu di Bali. Kamu juga bisa menikmati common area yang nyaman dan menyenangkan. Selain itu Beach Hut Hostel juga memiliki kolam renang dan kamar mandi yang bersih nan rapi. Hostel ini sangat cocok untuk kamu yang ingin melepas lelah di daerah dekat Bandara. Hostel ini berlokasi di daerah kuta yang hanya 5 menit ke Bandara Ngurah Rai, Waterbom Bali, Pantai Kuta dan Beachwalk Shopping Center. Hanya 30 menit ke Pura Luhur Uluwatu serta 40 menit ke daerah Canggu.

#BestMagz by BestHostels Indonesia

Ubud Tropical memiliki beberapa jenis dorm dan private glamping yang bisa jadi pilihan kamu saat liburan bersama keluarga dan teman teman. disini kamu akan takjub dengan pemandangan dan kolam berenang yang menyatu dengan alam yang membuat kamu akan betah disini. Pelayanan nya yang ramah dan fasilitas nya yang lengkap buat hostel ini menjadi Rekomendasi Hostel pilihan untuk kamu. Ubud Tropical terletak di Jl. Raya Andong Petulu, Ubud - Gianyar. dekat dengan beberapa tempat wisata seperti ubud market dan ubud monkey forest.

16


Cara booking hostel lewat besthostels.co.id

1

2

3

Download aplikasi BestHostels Indonesia atau buka website www.besthostels.co.id

Pilih hostel favoritmu

Isi Data Diri

Masukkan lokasi atau nama Hostel, tanggal

Pastikan kamu mengisi data diri

Daftarkan dirimu sebelum melakukan

menginap, dan jumlah tamu pada navigation menu

dengan benar, ya!

pemesanan

4

5

6

Konfirmasi Pemesanan

Lakukan Pembayaran

Yes, Pemesanan Kamu Berhasil

Tentukan opsi produk yang akan di pesan dan

Sebelum melakukan pembayaran, pastikan

Voucher pesanan akan kami kirimkan

lakukan pemesanan

15

detail pesanan kamu sudah benar

#BestMagz by BestHostels Indonesia

ke email kamu


Paket Liburan Bundling Trip Seru, Sesukamu dan Semaumu yang cocok banget untuk mengisi short escape kamu! Supaya liburan kamu lebih seru, sekarang ada BTS - Bundling Trip Seru dari BestHostels Indonesia. Kamu bisa pilih paket liburan favorit dari lima destinasi mulai dari Bali, Jogja sampai Labuan Bajo. Mulai dari 200 ribuan aja, kamu udah bisa ikut aktivitas seru serta menginap di hostel-hostel pilihan. Pesan sekarang yuk!

Cek Paket Seru Lainnya!

hanya di BestHostels.co.id atau hubungi kami di 0852 1188 8438 (Call / WhatsApp)


Fitur Group Booking dari BestHostels Indonesia, Solusi Work Life Balance Penulis & Editor : Laras Setyaningsih Kerja boleh tapi jangan sampai mengorbankan work life balancemu, Bestpackers. Jangan hanya menghabiskan hidup untuk berkutat dengan pekerjaan yang tidak ada habisnya. Agendakan juga waktu buat chill dan traveling ke tempattempat yang kamu suka. Salah satu agenda traveling yang tidak boleh dilewatkan adalah team outing atau berwisata bersama rekan kerja di kantor. Liburan bersama tim kerja ini akan membantu membangun kedekatan antar personal. Jadi kalau sudah ‘klik’ di luar, urusan pekerjaan akan lebih nyambung dan mudah dilakukan.

19

Team outing juga membentuk rasa kekeluargaan dan saling memiliki antar rekan kerja di kantor. Sayangnya, realisasi team outing ini sering berantakan pas hari H. Entah akomodasi yang kurang nyaman atau destinasi wisata yang kurang menarik. Dua hal ini memang kurang dipikirkan matang saat outing team.

Harga yang terjangkau

Nah, BestHostels Indonesia punya solusinya. Kantormu perlu banget beralih ke paket akomodasi plus-plus untuk team outing yaitu hostel atau dormitory. Beberapa keuntungan menginap di hostel saat liburan perusahaan antara lain:

Dibandingkan dengan hotel atau resort, hostel jauh lebih terjangkau. Beralih ke akomodasi ini akan membuat pengeluaran untuk team outing jauh lebih murah. Sisa dari pengeluaran ini bisa dialihkan ke biaya lain agar acara bisa lebih seru.

#BestMagz by BestHostels Indonesia


Fasilitas yang lengkap Meski punya harga yang jauh lebih miring namun Bestpackers tidak perlu khawatir akan fasilitasnya. Hostel punya beragam fasilitas yang tidak kalah lengkap dibandingkan hotel. Bahkan ada beberapa fasilitas tambahan yang akan membuat liburanmu bersama tim semakin berkesan.

Mayoritas hostel punya fasilitas permainan, seperti gitar, uno stacko, hingga karto. Fasilitas-fasilitas ini gratis dan bisa digunakan untuk menambah keseruan selama berlibur.

Namun tidak perlu khawatir akan fasilitas ranjang dan kenyamanan kamarnya. Karena kamar-kamar hostel umumnya punya desain yang unik dan tidak kalah nyaman untuk dihuni. Bahkan desain-desain kamar ini cocok digunakan untuk spot foto cantik bersama tim.

Menumbuhkan solidaritas

Fitur Group Booking jadi Solusi Team Outing

Hostel punya beberapa fasilitas yang mengutamakan berbagi antar penghuninya. Hal ini akan membangun kedekatan antar personal dalam perusahaan. Adanya lebih dari tiga penghuni dalam satu kamar juga membuat solidaritas antar anggota semakin terbangun.

Nah, untuk dapat harga terbaik saat booking hostel untuk team outing, kamu bisa menggunakan layanan group booking dari BestHostels Indonesia.

Satu kamar bisa dihuni lebih dari satu orang Nah, kelebihan yang satu ini jarang dimiliki oleh mayoritas hotel. Selama team outing Bestpackers dan Bestpartner bisa menyewa beberapa kamar saja. Karena dalam satu kamar bisa dihuni lebih dari 3 orang.

Adanya desain sharing ini, bikin hostel terbukti lebih recommended sebagai akomodasi untuk outing team.

#BestMagz by BestHostels Indonesia

Tidak hanya booking hostel, melalui layanan ini kamu dan tim juga bisa memesan paket wisata secara berkelompok juga, lo. Tentunya dengan harga yang lebih affordable. Untuk booking hostel maupun tiket wisata dengan fitur group booking caranya mudah banget. Cukup pesan hostel atau paket wisata dengan jumlah yang diinginkan melalui website, lalu lakukan pembayaran. Nantinya admin BestHostels Indonesia akan menghubungimu untuk mengonfirmasi pesananmu dan jika sudah, e-ticket akan dikirimkan. Gampang banget, kan?

20


Ide Workshop Seru Untuk Mengisi Liburanmu

Upcycle Project by Siji and Etalase

Bali Herbal Walks

Nyoman Warta Batik

Punya baju yang tidak terpakai? Jangan dibuang dulu. Di Bali, kamu bisa ikut workshop daur ulang pakaian di Upcycle Fashion Workshop by Etalase & Siji.

Yuk belajar mengenal alam Bali!, dengan Bali Herbal Walk.

Batik adalah proses tradisional yang telah diturunkan dari generasi ke generasi. Ini melibatkan penggunaan pewarna dan lilin pada permadani kapas untuk menciptakan warna dan desain yang indah.

Pangalaman baru ini terbuka bagi segala usia, baik wisatawan domestik maupun internasional. Kamu juga akan dipandu oleh Desainer Aksesoris Eta Sipayung dan Fashion Desainer, Myra Juliarti.

Program yang didedikasikan bagi wisatawan yang ingin mengenal langsung alam Bali. Keunikan yang dalam program ini wisatawan tidak hanya disuguhkan keindahan persawahan di Ubud, tetapi juga diajak untuk mempelajari dan mengidentifikasi tanaman herbal yang ada di sekitar kita.

Selama 2 jam, peserta akan diajak menyulap pakaian bekas menjadi benda layak pakai dan tentunya lebih unik. Peserta juga boleh membawa bahan masing-masing, seperti, baju kaos, dress, celana, dan jenis pakaian tak terpakai lainnya.

Kelas ini dimulai dengan memperkenalkan bahan-bahan yang digunakan, termasuk komposisi dan fungsi dari bahanbahan tersebut.Setelah itu peserta akan diajari cara membuat jamu langkah demi langkah. Di akhir kelas, peserta akan mencicipi dan menggunakan “Jamu” buatan mereka.

21

#BestMagz by BestHostels Indonesia

Kamu akan mempelajari proses dari awal sampai akhir, dan meninggalkan kelas dengan batik yang indah. Tidak diperlukan pengalaman seni, kelas ini cocok untuk pemula dan cocok juga untuk yang lebih mahir. Kelas tersedia untuk kelompok dan individu. Kelas berlangsung sekitar 3 jam. Hal-hal lain yang perlu diperhatikan tidak diperlukan pengalaman seni! Kami akan membantu Anda melalui seluruh proses. Ini sangat menyenangkan dan santai!


Gusti Dalem Ceramic

Silver Jewelry Class

Offerings Class

Keramik jadi salah satu kerajinan penting di Indonesia, salah satunya di Bali. Nah, di Gusti Dalem Ceramic Class, kita bisa belajar mengenai kerajinan keramik khas Bali ini. Seluruh bahan-bahan yang dibutuhkan sudah disediakan, kok.

Selain emas, perak juga menjadi salah satu mineral yang paling berharga untuk pembuatan perhiasan. Perak dapat ditempa dan dapat dimanipulasi menggunakan panas dan alat perhiasan. Kamu bisa membuat sendiri desain perhiasan dari perak di Silver Jewelry Class dari WS Studio.

Bagi masyarakat Bali, pembuatan canang untuk ritual telah dikenal sejak ratusan tahun yang lalu. Umumnya canang ini dibuat oleh para wanita. Canang terbuat dari daun kelapa yang dianyam menggunakan tangan.

Bermain tanah liat (clay) sangatlah menyenangkan. Kamu bisa menuangkan ide-idemu dalam membentuk keramik dan akan membawa pulang hasil karya terbaikmu Hal itu bisa kamu lakukan dengan biaya terjangkau dengan Gusti Dalem Ceramic. Kamu tinggal bawa diri saja ketika akan menjalani workshop ini. Untuk bentuk-bentuknya, Bestpackers bisa membuat sesuai dengan kreativitas. Dalam satu kali workshop berlangsung selama 1 jam.

Di sini setiap peserta akan diberikan 5 gram perak yang bisa digunakan untuk membuat perhiasan. Kamu bisa mendesain sendiri perhiasanmu sesuai dengan selera atau membuat perhiasan asli untuk dijadikan sebagai hadiah kepada orang yang kamu cintai. Tenang, kita akan diajari dari awal proses pembuatannya, kok.

#BestMagz by BestHostels Indonesia

Di workshop offering class ini Bestpackers akan diajak untuk belajar membuat canang. Karya sederhana berupa keranjang anyaman ini akan membantu memantik kreativitas kita, lo. Belajar membuat canang juga jadi metode untuk menghilangkan stres

22


Cerita Bestpacker

Bukan Cuma Untuk Backpacker, Hostel Pun Jadi Alternatif Kos Murah di Jakarta Penulis : Laras Setyaningsih / Editor : Wilhelmus Venrico .S Nggak hanya nyaman untuk menginap satu dua hari, hostel juga cocok dijadikan kos-kosan. Yuk, ikuti cerita Rizky yang menggunakan hostel sebagai alternatif kos Jakarta.

“Karena menurutku, kebanyakan waktu dipakai buat bekerja dan tempat tinggal hanya untuk istirahat”, begitu alasan Rizky saat ditanya mengenai alasan menjatuhkan pilihan pada hostel sebagai kos. Di samping fasilitas dan harganya yang lebih affordable dibandingkan kos Jakarta lain, Rizky juga sangat menyukai hostel karena suasananya. Menurut Rizky hostel membuatnya selalu merasa ‘dinanti’ setiap pulang bekerja. Suasana hangat dan nyaman untuk berinteraksi di hostel membuatnya betah dan bertahan tinggal di sini. Siapa sih Bestpackers yang nggak suka pulang kerja lalu disambut teman-teman asyik?

Rizky sempat ragu di awal

Hostel nggak hanya jadi tempat untuk singgah satu dua hari saja, Bestpackers. Akomodasi khas milenial ini juga bisa menjawab tantangan kebutuhan kos yang semakin melonjak di ibukota. Yups, hostel jadi salah satu alternatif kos Jakarta yang nyaman dan affordable secara harga.

23

Pengalaman kos di hostel ini dijalani oleh Rizky Muhammad Rifai, seorang IT Officer salah satu perusahaan manufaktur di Jakarta Utara. Pemuda kelahiran tahun 1995 ini lebih memilih hostel dibandingkan kos-kosan karena fasilitas dan harga bulanannya yang lebih terjangkau.

#BestMagz by BestHostels Indonesia

Meski pada akhirnya ketagihan dan nyaman banget di hostel tapi Rizky juga sempat mengalami keraguan sebelum memutuskan hostel sebagai kos Jakarta-nya. Ia sempat hampir mundur karena mengetahui jika hostel mengharuskannya sharing privasi dengan orang lain. Tapi ternyata ketakutan pemuda asal Tasikmalaya ini nggak terjawab setelah ngekos di hostel hampir 1,5 tahun ini.


“Selama hampir 1,5 tahun tinggal di sini nggak pernah sekalipun mengalami kehilangan”, tutur Rizky dalam sesi wawancara.

bagi pekerja kantoran. So? Kalau kamu lagi butuh suasana baru buat WFH coba deh mampir ke hostel, Bestpackers.

Menurutnya saat ini sebagian besar hostel telah dilengkapi dengan berbagai sistem keamanan, misalnya loker dan CCTV di berbagai tempat. Cukup dengan menyimpan barang di lemari berkunci, keamanan barang berhargamu tidak perlu dikhawatirkan.

Wifinya yang kencang dan fasilitas meja serta kursi di setiap kamar bisa digunakan sebagai spot WFH bagi pekerja kantoran. So? Kalau kamu lagi butuh suasana baru buat WFH coba deh mampir ke hostel, Bestpackers.

Nah, buat Rizky yang nggak kalah penting adalah kebersihan yang ditawarkan oleh hostel. Faktor ini membuat hostel jadi semakin nyaman dan aman, apalagi di tengah kondisi pandemi seperti ini. Pun terkait fasilitas, hostel pas banget untuk dijadikan pilihan kos Jakarta. Pasalnya, akomodasi ini juga menawarkan berbagai fasilitas penunjang untuk kenyamanan penghuninya. Bagi Rizky fasilitas yang paling sering digunakannya adalah lobi dan tempat nongkrong. Wifinya yang kencang dan fasilitas meja serta kursi di setiap kamar bisa digunakan sebagai spot WFH

Privasi saat menginap di hostel Bagi Rizky terkait privasi saat menginap di hostel nggak jadi masalah. Ia menyebut asal kita berusaha untuk menghargai orang lain semuanya akan berjalan secara harmonis di hostel. Sebagai penghuni kita juga harus tahu mengenai peraturan tidak tertulis di hostel. Misalnya saat ingin bertelepon. Rizky memberikan saran saat mengangkat telepon di hostel kita bisa melakukannya di luar kamar. Cara ini nggak hanya menghargai privasi orang lain namun juga demi kenyamanan dan privasi kita tersendiri. Buat para Bestpackers, Rizky memberikan tips seputar cara berkenalan dengan penghuni hostel lainnya. Meskipun awalnya cukup canggung tapi kesempatan untuk berkenalan ini harus banget kamu cobain, Bestpackers. Tips pertama buat kenalan dengan orang lain adalah membahas mengenai topik-topik umum, misalnya asal kota dan tujuan kedatangannya. Pemuda berusia 26 tahun ini juga menjelaskan kalau hostel bisa jadi salah satu topik

#BestMagz by BestHostels Indonesia

yang seksi buat dibahas pada momen perkenalan pertama. Karena hostel saat ini sedang naik daun dan ramai dibicarakan berbagai kalangan. Saat diminta memberikan ungkapan terakhir untuk menutup sesi wawancara Rizky berharap akan semakin banyak anak muda yang tergerak untuk menginap di hostel. “Buat kalian yang masih ragu, coba deh pesan tiket hostel dan tinggal beberapa hari di sini. Kamu bakalan menemukan pengalaman baru yang nggak didapatkan di lokasi lain”. Buat Rizky hostel bukan sekadar tempat tinggal atau sekadar kos Jakarta. Namun juga tempat yang memberikan banyak kesempatan untuk interaksi dengan beragam pribadi. “Menurut saya, hostel merupakan tempat yang sangat worth it buat dijadikan alternatif kos Jakarta. Karena kita akan sering bertemu orang-orang baru yang terasa seperti keluarga sendiri,” pungkasnya. Nah, Bestpackers masih belum yakin buat menginap di hostel? Rizky sudah membuktikan di 1,5 tahunnya, sekarang giliranmu. Buat Bestpackers yang tertarik untuk long stay di Hostel dengan harga yang menarik, cus langsung aja hubungi customer service BestHostels Indonesia di nomor +62 852 1188 8438

24


Cerita Dari Hostel

Dari Hotel Hijrah ke Hostel, Cerita Mia dari Pinx’s Hostel Penulis & Editor : Laras Setyaningsih Bagi beberapa orang, bisnis hostel dianggap kurang cerah prospeknya di Indonesia. Namun anggapan ini tidak pernah terbesit di benak Mia. Sebelum bergabung sebagai manajer di Pinx’s Hostel, Mia telah lebih dulu meniti karirnya di hotel bintang lima. Pada tahun 2017 ia memutuskan untuk meninggalkan karir yang telah dirintisnya dan bergabung di industri hostel. Ada banyak alasan yang membuat Mia yakin dengan keputusan tersebut. Kepada tim BestHostels Indonesia, Mia bercerita kalau ia merasakan kenyamanan sejak pertama kali mengelola hostel. ‘Menarik’ adalah kata yang dipilih Mia untuk mendeskripsikan tempat kerjanya saat ini.

Lingkungan kerja yang lebih friendly membuat Mia merasa jatuh hati pada industri hostel. Tidak hanya dengan sesama pekerja, menurut Mia, tamu yang menginap di hostel pun memberikan kesan yang sama. Ia merasa sangat mudah untuk berkomunikasi dengan banyak orang di lingkungan hostel.

Struggling saat pertama kali menawarkan Tak luput dari tantangan, begitu juga usaha Mia dan kawan-kawan dalam membangun branding Pinx’s Hostel. Ada banyak upaya yang dilakukan Mia karena harus membangun branding hostel dari nol. Langkah pertama yang mereka lakukan adalah promosi online dengan cara unik. Mereka mengadakan program trial stay untuk mematahkan anggapan orang-orang tentang hostel, Bestpackers. Yups, masih banyak orang yang ragu untuk menginap di hostel, entah karena kenyamanannya maupun keamanannya. Makanya, Mia mengambil kesempatan ini untuk mengajak masyarakat mencoba secara gratis menginap di hostel. Program ini tidak hanya diperuntukkan bagi wisatawan

25

#BestMagz by BestHostels Indonesia

lokal saja, namun juga turis mancanegara. Karena lokasinya di Jakarta tentu banyak banget turis yang datang, baik untuk stay maupun transit. Ternyata minat turis lokal pada akomodasi hostel ini terus berlanjut meski trial stay berakhir. Mia mengaku kalau tamu dari Pinx’s Hostel 60 persen-nya berasal dari internasional, sedangkan 40 persennya adalah wisatawan lokal. Tapi sejak pandemi tren ini berubah, sekarang mayoritas tamu dari Pinx’s Hostel adalah tamu-tamu lokal. Meskipun, masih banyak juga turis internasional yang stay di sini karena terjebak beberapa aturan karantina dari negaranya.


Mengelola Hostel Jauh Lebih Asyik

Pengalaman unik bersama tamu

Dalam perjalanannya bersama Pinx’s Hostel, Mia menemukan alasan untuk stay. Menurutnya, mengelola hostel ternyata lebih asik ketimbang di hotel. Ini karena di hostel ia merasa bisa menjadikan tamunya seperti teman sendiri. Dari hal inilah terjalin rasa kekeluargaan antara pengelola dan tamu yang berkunjung.

Empat tahun bukan waktu yang singkat buat Mia mengenal habit tamunya di hostel. Ini juga jadi cerita yang menyenangkan buat ia secara pribadi. Tentu saja, tidak luput dari tantangan juga. Sempat ada komplain mengenai habit tamu yang suka tidak menutup pintu, ngorok, atau jam wekernya selalu berbunyi saat pagi. Padahal si tamu tersebut tidak pernah bangun juga di jam segitu. Meskipun banyak tantangan, namun Mia merasa selalu sanggup untuk menyelesaikan segala masalah yang ada.

Buat Bestpackers yang belum tahu, Pinx’s hostel adalah salah satu hostel partner dari BestHostels Indonesia yang masuk kategori terlengkap. Hostel yang berlokasi di Jakarta ini punya total bed sebanyak 62, dengan fasilitas yang sangat lengkap, seperti co-living, rooftop garden, community area, dan juga small meeting room.

Saking nyamannya menginap di Pinx’s Hostel, ia sampai menginap selama kurang lebih 6 bulan, lo. Serasa ngekos, ya? Dari cerita Mia ini kita belajar kalau “nggak akan pernah tahu jika belum berani mencoba”. Yuk, mulai langkahmu untuk menjelajahi hostel sekarang juga bersama BestHostels Indonesia. Selain menyenangkan, cara ini juga bisa jadi cara untuk membantu orang-orang seperti Mia agar dapat terus berkarya. Selamat mencoba.

Cerita yang tidak kalah unik datang dari seorang tamu asli Jerman. Tamu ini terbilang cukup berumur namun gayanya tetap asyik.

#BestMagz by BestHostels Indonesia

26


Cerita Bestpacker

Cerita petualangan Dwie traveling ala backpacker Penulis : Wilhelmus Venrico .S / Editor : Laras Setyaningsih Bagi sebagian orang, traveling sudah jadi bagian dari hidup, begitu juga buat Dwie Bayu Indraji. Pria yang kerap disapa Dwie ini selalu menyempatkan diri pergi ke destinasi wisata untuk sekadar menyalurkan hobinya. Cerita-cerita mengenai perjalanan Dwie ini juga kerap kali dibagikan dalam blog pribadinya, meski akhir-akhir ini mulai jarang. Perjalanan tidak hanya jadi gaya hidup, tapi juga sering mengubah gaya Dwie. Pada wawancara pribadinya bersama Tim BestHostels Indonesia, Dwie bercerita kalau dulu ia sering traveling secara berkelompok.

27

Gaya traveling ini dipilih ketika ia masih berusia muda, alasannya tentu saja untuk menghemat biaya. Bahkan dulunya Dwie sampai mendirikan komunitas traveling bernama Petualang24, meskipun sekarang sudah tidak aktif lagi. Destinasi yang sering dikunjungi Dwie dan grup travelingnya adalah destinasi wisata alam, mulai dari mendaki gunung sampai menyebrang pulau. Seiring berjalannya waktu, masing-masing dari anggota grup ini mulai memiliki kesibukan lain. Sejak itu, Dwie pun mulai menyesuaikan gaya travelingnya menjadi seorang solo traveler.

#BestMagz by BestHostels Indonesia

Meskipun intensitas travelingnya juga ikutan menurun, bersamaan dengan bertambahnya kesibukan pekerjaan yang menyita waktu dan pertambahan usianya. Tapi yang unik, Dwie tetap menyempatkan untuk traveling, “Mungkin dulu bisa rutin ya, karena waktunya lebih banyak. Sekarang karena faktor usia juga, sudah mulai capek, jadi mungkin sebulan sekali disempatin (re: traveling)”. Pilihan destinasi yang ia kunjungi pun ikutan berubah. Kini Dwie menyukai destinasi yang tidak terlalu banyak menguras tenaga, namun tetap menyajikan pengalaman yang menarik.


Dari teman traveling jadi teman hidup

Pandemi sempat jadi penghalang

Pilih menginap di Hostel atau Dormitory

Group traveling yang terbentuk dalam perjalanan biasanya berisi orang-orang random. Mereka berasal dari backpackerbackpacker yang baru saling kenal satu sama lain.

Pandemi Covid-19 turut berdampak pada hobi travelingnya. Rasa khawatir terpapar virus Covid-19 dan protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah menjadi dua faktor penghambat utama. Namun, seiring berjalannya waktu, orangorang sudah mulai menyesuaikan dengan kondisi pandemi yang melanda. Gencarnya program vaksinasi dan regulasi perjalanan semasa pandemi yang sudah mulai dipermudah, membuat Dwie mulai kembali rutin traveling setidaknya satu bulan satu kali. Perjalanan ini cenderung didominasi dengan solo traveling.

Untuk urusan penginapan ketika traveling, Dwie sudah tidak khawatir lagi. Ia sudah beberapa kali memilih untuk menginap di hostel atau dormitory. Biasanya ia memesan akomodasi ini melalui OTA atau online travel agent. Pilihan Dwie untuk menginap di dormitory bukan tanpa alasan, “Pertama, mungkin karena budget, ya. Kedua, karena kan saya solois, sendirian, kita bisa nyari kenalan di disitu (re:dormitory), pernah kejadian waktu itu di Bandung, di dormitory kenalan, pagi-pagi ngobrol, habis itu baru deh kami jalan bareng, padahal awalnya nggak kenal”

Pengalaman bergabung dalam group traveling membawa pengalaman unik bagi Dwie secara pribadi. Tak jarang, ada di antara teman-teman Dwie yang awalnya hanya teman traveling, berakhir menjadi teman hidup alias suami istri, “Banyak yang dapat jodohnya disitu, dari yang ga kenal awalnya, lumayan lah ada 10 pasang”.

Ada satu hal yang membuat Dwie belajar banyak dari hostel. Pelajaran ini didapatkannya saat menginap di salah satu hostel di Yogyakarta. Di sana ia sempat terganggu dengan suara penghuni lain yang cukup keras. Pengalaman tersebut tidak lantas membuat Dwie enggan menginap di hostel. Ia justru belajar untuk menghargai orang lain karena peristiwa tersebut. Memang ya, menginap di hostel memberikanmu pengalaman yang beragam. Meski hostelnya sama tapi waktu yang berbeda memberikan pengalaman yang berbeda juga.

#BestMagz by BestHostels Indonesia

28


Cerita Bestpacker

Kegagalan Menginspirasi Sapta Windhu Untuk Keliling Indonesia Penulis : Laras Setyaningsih / Editor : Wilhelmus Venrico .S

Kegagalan telah menginspirasi Sapta Windhu untuk berani berkeliling Indonesia. Meski sempat beberapa kali ditodong preman namun Sapta tetap mencintai setiap perjalanannya.

29

Bestpackers, gagal bukan alasan untuk kamu menyerah pada keadaan, lo. Karena kegagalan telah banyak menginspirasi orang untuk jadi pribadi yang lebih baik. Ini juga yang dialami oleh Sapta. Berangkat dari kegagalan, Sapta Windhu, memulai perjalanan backpackingnya. Selepas memutuskan berpisah dengan mantan istrinya, lelaki yang akrab disapa Sapta ini mencoba kembali ke alam atau back to nature. Perjalanan tersebut ia yakini sebagai bentuk introspeksi diri agar bisa tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

#BestMagz by BestHostels Indonesia

Sebenarnya, Sapta sudah sejak dulu jatuh cinta dengan alam. Ia punya hobi mendaki gunung namun baru benar-benar digeluti pada awal tahun 2018 lalu. Bagi Sapta, perjalanan adalah bentuk pembuktian pada dirinya sendiri jika di Indonesia masih banyak orang baik. Ia merasakan kebaikan-kebaikan ini di tengah perjalanannya keliling Indonesia. Sama seperti backpacker lainnya, Sapta nggak punya budget berlebih untuk jalan-jalan. Nah, saat kehabisan biaya di tengah


perjalanan, ia hanya mengandalkan bantuan dari grup-grup backpacker untuk bertahan hidup. “Asalkan sopan dan tahu bagaimana cara bersikap pasti orang akan senang membantu,” tutur Sapta dalam wawancara bersama BestHostels Indonesia. Sapta mengaku sudah pernah mengunjungi sebagian besar wilayah Indonesia selama tiga tahun nonstop. Perjalanan pertamanya dimulai dari Kabupaten Lumajang di Jawa Timur. Lama kelamaan ia terus berjalan ke arah timur, mulai dari Kawah Ijen di Banyuwangi, Pulau Bali, hingga Pulau Adonara, Flores.

Ada Cerita di Setiap Perjalanan Track record perjalanan yang cukup panjang memberikan berbagai pengalaman unik bagi Sapta. Ia mendapatkan banyak kesempatan untuk belajar budaya setempat yang menurutnya unik. Salah satu cerita unik dari perjalanan didapatkan Sapta saat di Pariangan, Tanah Datar. Lelaki asli Jawa ini mengaku kagum dengan adat makan di daerah ini. Untuk makan, posisi duduk seseorang harus mengelilingi hidangan makanan yang disajikan. Perempuan duduk dengan cara bersimpuh atau panggul bertumpu pada kaki yang dilipat ke belakang, sementara lelaki duduk bersila.

Pernah Ditodong Oleh Preman Saat Perjalanan

Jalan-jalan keliling Indonesia nggak mahal

Meskipun lebih sering mendapatkan pengalaman seru namun Sapta juga tak luput dari cerita menantang. Dalam perjalanannya ia pernah merasakan beberapa kali ditodong oleh preman. Iya, beberapa kali, Bestpackers. Mulai dari ditodong saat di jalan hingga tas carriernya yang digeledah oleh preman ketika ia tidur di SPBU. Deg-degan tentu saja namun pria berusia 43 tahun ini mengaku kalau hal-hal seperti ini justru akan menambah seru sebuah perjalanan.

Menurut laki-laki asli Yogyakarta ini jalan-jalan nggak harus mahal, Bestpackers. Asalkan ada minat, setiap jengkal Indonesia bisa kamu jelajahi dengan budget yang minim, kok. Selama perjalanan ia pernah melihat berbagai cerita tentang minimnya budget tapi tetap nekat berangkat.

Dari pengalaman ini, ada tips dari Sapta untuk melepaskan diri dari preman atau penodong. Katanya, banyak-banyaklah bercerita halhal yang menyedihkan tentang hidupmu agar si preman merasa iba. Cara ini sudah dibuktikannya selama menghadapi situasisituasi genting di tengah jalan, lo. Bahkan ketika ditodong ia pernah diberi rokok dua batang oleh si preman yang merasa kasihan akan ceritanya.

Salah satunya ia pernah bertemu dengan turis mancanegara yang sedang dalam perjalanan keliling Indonesia. “Wisatawan mancanegara ini punya budget yang sama-sama pas-pasannya, tapi berani keliling Indonesia,” kenangnya. Melihat semangat dari wisatawan mancanegara tersebut, Sapta berpesan buat kamu yang ingin jalan-jalan tapi terbatas budget, “Yuk, berani dulu”.

Meski cukup membuat takut, namun pengalaman ini tidak membuat Sapta menyerah. Ia tetap berharap bisa selalu menjelajahi tiap inci dari tanah air.

#BestMagz by BestHostels Indonesia

30


Pojok Pengetahuan

5 Cerita Rakyat Paling Populer yang Menemani Masa Kanak-kanakmu Penulis & Editor : Laras Setyaningsih Rasanya belum ‘sah’ jadi anak Indonesia kalau nggak kenal cerita rakyat. Nah, dari banyaknya cerita rakyat yang berkembang, lima di bawah ini tentu pernah kamu dengar, dong?

Bestpackers, sebagai anak Indonesia tentu kamu tidak asing dengan cerita rakyat, dong? Yaps, masa kecil sebagian anak Indonesia biasanya tidak jauh-jauh dari cerita-cerita ini. Tanpa disadari, dari cerita rakyat kita belajar banyak tentang budaya Indonesia, lo. Warisan budaya lisan ini harus kita lestarikan hingga ratusan generasi mendatang. Di antara banyaknya cerita rakyat di Indonesia, berikut ini lima yang paling populer.

1. Bawang Merah dan Bawang Putih Menjadi salah satu cerita rakyat paling populer di Indonesia, kisah ini beberapa kali diangkat ke layar kaca, lo. Siapa sih yang tidak tahu tentang kisah Bawang Putih dan Bawang Merah? Cerita ini mengisahkan tentang sepasang saudara yang punya sifat bertolak belakang. Bawang Putih adalah sosok yang patuh, rajin, dan jujur, sementara saudaranya, Bawang Merah merupakan anak yang pemalas, sombong, dan sering dengki. Dari cerita Bawang Putih dan Bawang Merah, kita diajarkan untuk menjadi seorang anak yang tidak serakah, rajin, dan jujur.

31

#BestMagz by BestHostels Indonesia


2. Si Kancil Cerita ini menemani masa kecil hampir seluruh anak-anak di Indonesia. Dongeng tentang kancil ini sangat melegenda bahkan sempat dibuatkan lagu. Si Kancil adalah cerita tentang kecerdikan kancil dalam menyelesaikan masalah. Terbukti dari kepandaiannya dalam mengakali buaya untuk bisa menyeberang sungai. Di beberapa versi, si Kancil juga digambarkan sebagai seekor rusa yang nakal dan suka mencuri mentimun. Dari kedua versi kancil ini mana yang paling kamu hafal ceritanya, Bestpackers.

3. Malin Kundang Berkat cerita rakyat ini sebagian besar anak Indonesia tumbuh jadi pribadi yang lebih patuh dan hormat pada orangtua. Yaps, Malin Kundang adalah cerita mengenai seorang anak yang durhaka dan tidak mau mengakui ibunya lalu dikutuk menjadi batu. Malin Kundang sebenarnya adalah cerita rakyat yang berasal dari daerah Sumatera Barat. Kisah tentang Malin Kundang ini tetap eksis hingga hari ini, lo.

4. Timun Mas

5. Roro Jonggrang

Kalian tentu tidak asing lagi dengan cerita yang satu ini, bukan? Timun Mas merupakan cerita tentang seorang janda bernama Mbok Sirni yang sangat menginginkan anak untuk menemani sisa hidupnya. Nah, suatu hari perempuan tersebut pergi ke ladang dan didatangi oleh raksasa.

Cerita tentang seorang pemuda yang diminta untuk membangunkan 1000 candi dalam satu malam oleh Roro Jonggrang. Kisah cinta Bandung Bondowoso yang akhirnya bertepuk sebelah tangan ini konon jadi cikal bakal pendirian Candi Prambanan di Yogyakarta. Buat kamu yang ingin melihat cerita cinta melegenda ini langsung datang saja ke Candi Prambanan, ya,

Ia akan memberikan Mbok Sirni anak dengan syarat harus mengembalikannya saat berumur enam belas tahun. Nah, anak tersebut nantinya akan lahir dari dalam mentimun. Hingga akhir, cerita Timun Mas akan berisi perjuangan si anak perempuan dalam melawan sang Raksasa.

#BestMagz by BestHostels Indonesia

Ternyata ada banyak cerita rakyat unik yang menemani masa kecil kita, ya? Semoga cerita-cerita ini bisa terus lestari dan menemani perjalanan anak cucu kita berikutnya.

32


Pojok Pengetahuan

Bangga: Gamelan Resmi Diakui UNESCO! Penulis & Editor : Laras Setyaningsih

Kabar baik datang dari dunia permusikan tradisional Indonesia. Akhirnya, pada tanggal 15 Desember 2021 gamelan resmi ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO. Keberhasilan gamelan ini menyusul 17 kebudayaan Indonesia lain yang diakui oleh UNESCO.

Telah berkembang sejak abad ke-8

Masing-masing alat punya filosofi

Bestpackers, ternyata usia gamelan sudah tua bengat. Sebagian orang meyakini kalau alat musik ini datang sebelum agama Hindu. Alat musik tradisional ini diperkirakan muncul sejak tahun 404 Masehi.

Diakuinya gamelan tidak mengherankan, sih. Mengingat hal yang satu ini memang punya nilai budaya tinggi. Berhubungan dengan diakuinya gamelan sebagai warisan UNESCO, simak keunikan gamelan di bawah ini.

Dulunya gamelan ini digunakan untuk mengiringi pagelaran wayang dan juga pertunjukan tari. Namun dalam perkembangannya, gamelan bisa berdiri sendiri sebagai sebuah pertunjukan musik, lengkap dengan sinden atau penyanyi.

Gamelan terdiri dari beragam alat musik, di antaranya bonang, gender, gong, kendang, kenong, peking, saron, slenthem, gambang, siter, kemanak, suling, dan rebab. Inspirasi suara dari setiap alat musik pada gamelan konon didapatkan dari suara alam. Nah, setiap alat musik punya makna filosofis tersendiri, lo.

33

#BestMagz by BestHostels Indonesia

Misalnya, kendang memiliki filosofi seperti pemimpin dalam kehidupan. Itulah sebabnya pemain kendang dalam pertunjukan gamelan


Dipelajari di Universitas Luar Negeri

Dipercaya dapat memberikan efek terapi

Tidak hanya terkenal di Indonesia, gamelan telah lama menjejakan kaki ke luar negeri. Nggak sekadar dimainkan, gamelan juga dipelajari di universitas di dunia, lo. Sejauh ini ada 20 kampus di luar negeri yang mempelajari gamelan, baik sebagai mata kuliah maupun ekstrakurikuler.

Sebagai sebuah instrumen musik, gamelan ditampilkan dengan nada harmonis dan tidak mengunggulkan satu suara saja. Masing-masing dari suara alat musiknya sejajar, Bestpackers. Keharmonisan ini buat sebagian orang diyakini punya efek terapi yang baik untuk ketenangan batin. Mendengarkan gamelan bisa memberikan efek calming yang bikin kamu sejenak lupa masalah hidup.

Kampus-kampus tersebut adalah Cambridge University, University of Minnesota, Lawrence University, University of Michigan, Santa Clara University, The University of Sydney, The University of Melbourne, Seattle Pacific University, University of Hong Kong, University of Pittsburgh, University of Manchester, University of Waterloo, dan masih banyak lagi.

Nah, itu dia fakta-fakta menarik tentang gamelan. Sekali lagi, mari berbangga atas prestasi yang telah ditorehkan oleh gamelan di tahun ini. Well done!

berperan mengendalikan cepat atau lambatnya sebuah instrumen. Sementara secara bahasa, kendang berasal dari kata ndang. Dalam bahasa Jawa artinya adalah bersegera. Hal ini merujuk pada bersegera untuk menjalankan kebaikan. Contoh lainnya adalah alat musik gambang yang berarti seimbang. Hal ini melambangkan cara manusia menjalani kehidupan yang harusnya seimbang antara dunia dan akhirat.

#BestMagz by BestHostels Indonesia

34


Ramalan Zodiak Januari 2022, Kamu Lebih Beruntung? Happy New Year, Bestpackers. Sampailah kita di tahun yang baru 2022. Tentunya dengan harapan baru yang lebih baik bagi 12 zodiak. Bestpackers, awali tahun dengan melihat dulu keberuntunganmu di tahun ini, yuk.

Aries

Taurus

Tahun baru memberikan efek fresh bagi seorang Aries. Kamu akan memperoleh ide-ide baru bahkan cara baru untuk menghasilkan uang. Jadi manfaatkan momen ini untuk membuka peluang seluasluasnya, ya.

Don’t push yourself too hard, Taurus. Bekerja keras boleh tapi tetap meluangkan waktu untuk diri sendiri, ya. Karena terlalu keras terhadap diri sendiri punya efek yang kurang baik untuk jangka panjang. Sesekali kamu perlu istirahat.

Awal tahun ini juga akan menjadi momen yang baik untuk keuanganmu karena kamu berhasil memperoleh penghasilan yang lebih besar. Tapi hati-hati terhadap investasi dan hubungan. Ketika tekanan meningkat, artinya kamu butuh istirahat.

Tahun 2022 akan diawali dengan perkembangan finansial dari taurus. Tapi tetap tenang dan jangan tergesa-gesa memprediksi kesuksesan karena hal ini bisa bikin blunder. Manfaatkan keuntungan yang kamu punya untuk persiapan di bulan-bulan selanjutnya.

Cancer

Leo

Kewaspadaan harus selalu dijaga dan jangan terlena oleh apapun juga. Selalu tutup rapat setiap masalah pribadi agar jangan bocor pada orang tidak tepat. Di awal tahun ini mungkin akan ada sedikit provokator, tapi tenanglah.

Awal tahun memang akan terasa lambat bagi seorang leo, tapi secara finansial ini adalah tahun yang menjanjikan. Meski begitu, kamu harus meninggalkan berbagai kebiasaan buruk yang bisa berdampak akan kesehatanmu.

Mereka tidak akan bertahan lama. Dari segi keuangan, sebaiknya para Cancer mencoba untuk tetap hidup sederhana walau punya penghasilan berlebih. Hal ini adalah keputusan yang bagus meskipun agak berat.

Dari segi percintaan cukup rumit. Tampaknya kamu perlu mengakhiri hubungan dengan si dia karena banyaknya sisi negatif yang dimiliki, jangan sampai hubunganmu jadi toxic relationship, lo.

35

#BestMagz by BestHostels Indonesia

Gemini Lakukan yang terbaik untuk bisa mencerahkan harimu kembali di Januari ini, Gemini. Tapi, kamu nggak perlu menghabiskan banyak uang terlebih dahulu di awal tahun ini. Fokus dulu untuk membersihkan utang-utang lama daripada menghambur-hamburkan uang. Di awal tahun ini ada kabar yang akan mendesakmu untuk mengambil langkah-langkah tertentu dalam percintaan. Pelajari dengan baik agar bisa tercapai keseimbangan.

Virgo Orang-orang yang kamu temui bulan ini bisa jadi adalah sosok yang sangat bermanfaat di kemudian hari, lo. Jadi raih banyak kesempatan untuk bertemu orangorang baru dengan cara apapun. Secara karier, kemungkinan akan ada pertentangan dengan orang lain di tempat kerja, jika kamu tidak berhati-hati bersikap. Jadi, sebelum menjadi konflik, ingatlah kalau kamu bekerja sebagai sebuah tim dalam perusahaan.


HOROSCOPE Libra It’s a wrap! Sesuatu yang istimewa itu akhirnya datang setelah rutinitas yang menjenuhkan sepanjang tahun 2022. Ada potensi peningkatan penghasilan dan produktivitas sepanjang awal tahun ini. Sayangnya, bagi Libra yang couple, kamu juga akan membuka tahun dengan sedikit konflik dengan si doi. Tapi kalau kamu bisa mengatasinya dengan baik justru efeknya akan memunculkan rasa saling percaya dengan pasangan, lo.

Capricorn Ada beberapa tantangan yang hadir di tahun 2022, tapi dengan persiapan yang matang kamu akan bisa mengatasinya. Di awal tahun ini rencana bisnis yang telah kamu idamkan punya peluang bersinar, lo. Jadikan momen pergantian tahun ini jadi waktu yang tepat untuk memahami tujuan hidupmu, ya.

Scorpio Scorpio, ambil liburanmu, dong. Jangan berada di rumah terus dan bekerja terus. Yuk, buka tahun baru dengan jalan-jalan atau mencoba hal baru karena hidup ini punya banyak kemungkinan. Tapi kurangi makanan manis karena berpotensi bikin masalah pencernaan, ya. Kabar baiknya kamu akan memetik hasil kerja kerasmu di tahun-tahun ini. Termasuk dalam hal hubungan percintaan. Tapi tetap berikan space untuk masing-masing orang agar hubunganmu tidak membosankan, ya.

Aquarius Sudah tahun baru, nih. Jauh-jauh deh dari sifat overthinking yang mendarah daging itu. Karena tahun ini punya rezeki terbaiknya sendiri buat kamu. Keuanganmu akan nampak lancar, terutama yang berbentuk investasi. Sementara hubungan asmara akan menemui sedikit tantangan kalau dilakukan dengan mengedepankan ego. Tahun ini ada banyak hati yang terpaksa harus kamu jaga, Aquarius.

#BestMagz by BestHostels Indonesia

Sagitarius Tahun lalu kehidupanmu berjalan terlalu sibuk sampai-sampai lupa dengan kehidupan sosialmu. Jadi di tahun ini cobalah untuk memperbaikinya, ya. Termasuk dengan si dia. Sekarang adalah saat yang tepat untuk meninjau rencana karir jangka panjangmu. Perubahan besar akan datang padamu jadi bersiaplah untuk melakukan penyesuaian. Siapkan kualitas diri terbaik agar kamu berhasil menangkap peluangpeluang karir yang ada.

Pisces Membuka tahun 2022 dengan warning bagi pisces untuk menjaga kesehatan mentalnya. Apalagi buat para pisces yang mudah tertekan, tidak ada salahnya mencari kebahagiaan bersama orang lain. Tapi perjalanan romantismu akan berbuah manis di awal tahun ini karena kesabaran yang telah dilakukan. Itulah prediksi keberuntungan horoskop di Januari 2022 ini. Semoga bisa menjadi pelecut semangat untuk kehidupanmu kedepannya, ya.

36


Best Info

Doa Perjalanan

Penulis : Laras Setyaningsih / Editor : Wilhelmus Venrico .S

Islam Islam

Katolik Catholic

Subhaanalladzii sakhkhara lanaa hadzaa wamaa kunnaa yahoo muqeiniin, Wa innaa ilaa wabbinaa lamunqolibuun.(QS. Hud:41)

IDN : Dalam (demi) nama Bapa, Putera dan Roh Kudus, Amin. Ya Tuhan, Dahulu kala Engkau pernahmenyelamatkan anak-anak Israel yang menyeberangilaut dengan kaki kering. Dan tiga raja budiman dari sebelah timur telah Engkau tunjukkan jalan kepada-Mu dengan bimbingan bintang yang ajaib.

IDN : Maha suci Allah yang telah menundukkan untuk kami (kendaraan) ini. Padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada-Mu lah kami akan kembali. ENG : Glory be to Allah who has subjected us to this (vehicle). Whereas before we were not able to master it, and only to You we will return.

37

Kami mohon kepada-Mu: Karuniakanlah kami suatu perjalanan yang selamat, dengan cuaca yang bagus dan menyenangkan. Berilah supaya dengan bimbingan malaikat-malaikat-Mu yang kudus, awak pesawat terbang ini mengantarkan kami mencapai tujuan perjalanan kami dengan selamat. Kami mohon juga agar keluarga yang kami tinggalkan Engkau hibur dalam rasa damai, sampai kami akhirnya boleh

#BestMagz by BestHostels Indonesia

mendarat dengan aman di tempat tujuan. Terpujilah nama-Mu, sekarang dan selamanya. Amin. Dalam (demi) nama Bapa, Putera dan Roh Kudus. Amin. ENG : In the name of the Father, the Son, and the Holy Spirit. Amen. Long ago You saved the children of Israel, who crossed the Red Sea, their feet dry. And the three wise kings from the East, You guided them to Your command with a star. Now we beg You: bless us with asafe trip, with good weather. Bless us with the guidance from Your angels, so that the crew of this aircraft leads us to our destination safely. We pray also that our families remain in peace until we land safely. Blessed be Your name, now and forever. Amen. In the name of the Father, the Son, and the Holy Spirit. Amen.


Protestan Protestant

Buddha Buddhist

Konghucu Confucian

IDN : Bapa Sorgawi, kami mengucap syukur dan terimakasih atas rahmat dan kasih sayang-Mu yang tidak berkeputusan di dalam hidup kami. Saat ini kami panggil namaMu yang Kudus untuk menyertai perjalanan kami, kiranya Tuhan melindungi dengan kuasa Roh Kudus-Mu pesawat yang kami tumpangi ini agar terhindar dari gangguan dan marabahaya.

Namo tassa bhagavato arahato samma sambuddhasa (3x). Sabbe satta bhavantu sukkitatta. Saddhu, saddhu, saddhu.

Xian You Yi De (3x). Wei De Dong Tian. Fei Tian Se Wo. Xian You Yi De... Huang Yi Shang Di. Wei TIAN You De. Shanzhai.

Demikian juga para awak pesawat kiranya Tuhan juga yang memimpin serta memberi kemampuan bagi mereka untuk melaksanakan tugas mereka masing-masing dengan baik sehingga kami tiba di tujuan tepat waktu dengan selamat dan dalam sukacita.

ENG : Praise is to Sang Bhagavca, the Pure. One who has attained enlightenment. (3x) Let all creatures live in happiness in accordance with Your will. (Paritta Suci).

Terimakasih atas pertolongan serta kasih-Mu yang tidak berubah dari dahulu, sekarang sampai selamalamanya, dan di dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami naikkan doa dan permohonan kami ini, Amin.

Om om jaya jiwat sarira raksan dadasi me. Om mjum sah waosat mrityan jaya nama swaha. Om ayu wrdhi labhate dhanam wrdhi guna suci yadnya. Sudha sila sudhadyanam bhukti mukti phalam swargam.

ENG : Lord in Heaven, we give praise and thanks for Your blessings and endless love in our lives. At this time, we call upon Your Holy Name to accompany us on our journey. We believe You will guard and protect our plane from any disturbance and danger. For all the aircrew, we pray that You give them guidance so that they may perform their duties and enable us to arrive at our destination ontime and safely. Thank you Lord for Your continued blessings; in the name of Jesus Christ, we pray. Amen.

IDN : Terpujilah Sang Bhagava, Yang Maha Suci, yang telah mencapai penerangan sempurna (3x) Semoga semua makhluk hidup berbahagia. Demikianlah hendaknya. (Paritta Suci).

Hindu Hindu

IDN : Om Sanghyang Widhi Wasa yang Maha Jaya yang mengatasi segala kematian kami memuja-Mu. Lindungilah kami dari marabahaya. Om Sanghyang Widhi Wasa, semua keuntungan, kekayaan, kepandaian adalah atas yadnya Suci-Mu. Semoga tingkah laku dan pikiran kami menjadi bersih dan mencapai kebahagiaan lahir batin.

IDN : Kehadirat Tian, Tuhan Yang Maha Esa. Di tempat Yang Maha Tinggi Dengan bimbingan Nabi Kong Zi. Dipermuliakanlah. SHANG DI, Tuhan Yang Maha Kuasa. Berikanlah bimbingan kepada seluruh awak pesawat. Agar mereka dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Berikanlah karunia yang terbaik. Agar kami semua dapat selamat sampai tujuan. Dan berkumpul kembali dengan keluarga tercinta. ENG : Lord in Heaven, we give praise and thanks for Your blessings and endless love in our lives. At this time, we call upon Your Holy Name to accompany us on our journey. We believe You will guard and protect our plane from any disturbance and danger. For all the aircrew, we pray that You give them guidance so that they may perform their duties and enable us to arrive at our destination ontime and safely. Thank you Lord for Your continued blessings; in the name of Jesus Christ, we pray. Amen.

ENG : Om Sanghyang Widhi Wasa the Greatest, all wealth and intelligence comes from Your blessings. Keep our minds and manners pure and let us attain inner peace and happiness.

#BestMagz by BestHostels Indonesia

38


Best Info

5 Alasan Hostel Jadi Kebutuhan Wisata Generasi Milenial dan Gen Z Penulis & Editor : Laras Setyaningsih Hostel selalu identik dengan generasi milenial dan gen Z. Sebenarnya, apa sih yang bikin keduanya jadi kelihatan match satu sama lain? Yuk, kepoin bareng di sini.

Bestpackers, saat ini tren jalanjalan bagi generasi milenial dan gen Z cukup berubah, lho. Mereka nggak lagi bingung untuk mencari penginapan karena mulai beralih ke hostel. Kebutuhan milenial dan gen Z yang tinggi akan akomodasi murah ini bikin semakin banyak hostel baru yang dibuka. Popularitas hostel di kalangan milenial dan gen Z pastinya nggak bisa dilepaskan dari pengaruh

37 39

#BestMagz by BestHostels Indonesia

media sosial. Yups, pemasaran hostel cantik di berbagai medsos bikin milenial semakin penasaran untuk nyobain. Tapi nggak hanya pengaruh medsos, lho. Naiknya nama hostel di kalangan milenial juga disebabkan oleh beberapa faktor lain. Berikut ini 5 alasan terkuat mengapa hostel akan jadi salah satu kebutuhan generasi milenial saat jalanjalan.


1. Punya harga sesuai kantong Generasi milenial cenderung menyukai perjalanan ala backpacker. Sebelumnya, tren menginap saat traveling lebih banyak dilakukan di hotel. Hal ini menyebabkan wisata jadi barang mahal bagi kalangan anak muda, apalagi yang masih berstatus pelajar. Dulu pilihan lain jika tidak menginap di hotel adalah tidur di tempat umum yang biasa diinapi oleh backpacker. Hal ini tentu bikin sebagian orang ogah untuk berwisata jika bermodal minim. Nah, menjamurnya hostel di berbagai tempat membawa optimisme baru bagi Bestpackers untuk berwisata. Yups, dengan budget yang minim jadi nggak harus ribet lagi mikirin tempat menginap.

2. Fasilitas yang lengkap

4. Punya desain yang kece

Selain nyaman untuk bermalam, hostel juga menyediakan banyak fasilitas penunjang yang mendukung kebutuhan para milenial. Salah satunya Wi-Fi gratis. Sekarang nggak perlu ribet-ribet lagi jika ternyata provider yang digunakan Bestpackers kehilangan sinyal. Karena mayoritas hostel telah dilengkapi dengan Wi-Fi. Ini memudahkan generasi milenial untuk tetap eksis di dunia maya.

Nggak bisa dipungkiri jika perihal desain juga masuk pertimbangan milenial memilih hostel. Di zaman gadget seperti ini siapa sih generasi milenial yang nggak suka berfoto di tempat Instagramable?

Selain Wi-Fi, sebagian besar hostel juga menyediakan fasilitas sarapan pagi secara cuma-cuma, lho. Nah, fasilitas yang banyak ditemukan di hotel ini juga bisa ditemukan di hampir semua hostel, dan ini sangat menarik bagi generasi milenial. Melihat berbagai keuntungan tersebut, tidak heran jika generasi milenial mulai beralih ke hostel saat berwisata.

3. Suasana dan kenalan baru Nggak sedikit milenial yang jalan-jalan karena alasan short escape ingin move on dari si dia. Nah, menginap di hostel akan membantumu untuk mewujudkannya. Di sini kamu bisa dengan mudah mendapatkan teman-teman baru dan berbagi pengalaman dengan mereka. Generasi milenial juga cenderung suka berinteraksi dengan orang baru. Kenapa hanya hostel? Yaps, fasilitas sharing pada hostel memberikan kesempatan antar penggunanya untuk berkenalan satu sama lain. Hal ini tidak dimiliki oleh hotel atau fasilitas lainnya yang menyediakan fasilitas secara privat.

#BestMagz by BestHostels Indonesia

Nah, untuk memenuhi kebutuhan akan foto yang aesthetic ini nggak sedikit hostel yang mendesain tempatnya secantik mungkin. Model hostel seperti hotel kapsul, hostel vintage, dan hostel dengan desain unik lainnya banyak diburu generasi milenial. Buat lihat-lihat hostel lucu nan aesthetic, Bestpackers bisa langsung kepoin di website BestHostels.co.id.

5. Lebih fleksibel Bestpackers, sering dengar nggak sih kalau anak muda itu punya semangat 24/7? Nah, ternyata kalimat ini juga menjadi alasan mengapa hostel banyak diburu oleh milenial. Hostel punya waktu yang lebih fleksibel untuk check-in dibandingkan hotel. Selain faktor-faktor di atas, attitude atau pelayanan dari penyedia hostel juga dari alasan mengapa hostel banyak dipilih. Tempat menawarkan suasana yang homey dan comfy bagi milenial. Bahkan host dari hostel bersedia memberikan informasi mengenai wisata secara cuma-cuma, lho. Dengan paket lengkap itulah hostel semakin banyak digandrungi generasi milenial yang hobi jalanjalan. Nggak hanya liburan bareng teman, hostel juga jadi tempat asyik buat nyobain solo-traveling.

40


Tips & Trip

Kenalan dengan Stranger di Hostel? Siapa Takut! Penulis & Editor : Laras Setyaningsih Jangan sungkan untuk memperluas pertemanan selama di hostel, ya. Pahami cara berkenalan dengan orang baru yang tepat agar kamu dapat memperoleh lebih banyak teman.

Saat menginap di hostel jangan lewatkan kesempatan untuk mencari teman baru, ya. Hostel adalah akomodasi paling strategis untuk menjalin pertemanan. Nah, biar nggak canggung saat mencari kenalan, coba deh Bestpackers pahami terlebih dahulu cara berkenalan dengan orang baru. Tips ini sangat berguna agar Bestpackers nggak canggung saat akan memulai pembicaraan. Berikut ini 7 cara berkenalan dengan traveler lain selama menginap di hostel.

41

#BestMagz by BestHostels Indonesia

Kesan pertama penting First impression penting banget untuk setiap orang, termasuk pengunjung lain di hostel. Agar bisa mendapatkan teman baru di hostel, cobalah jadi pribadi yang lebih terbuka dan riang. Jangan memasang wajah masam ya. Jangan lupa untuk tersenyum saat kamu bertemu dengan pengunjung lainnya di area hostel. Senyum dan kontak mata menjadi salah cara berkenalan terbaik, lo. Karena kedua body language ini dapat menarik atensi dari lawan ngobrolmu.


Gunakan fasilitas sharing di hostel Nggak hanya di kamar, hostel juga menyediakan banyak banget sharing facility. Mulai dari dapur hingga ruang bersantai. Nah, tempat-tempat ini bisa jadi lokasi awal kamu mencari kenalan. Manfaatkanlah fasilitas-fasilitas tersebut dan jangan sungkan untuk nimbrung dengan traveler lain, ya. Salah satu area yang paling cocok untuk memulai percakapan adalah lounge atau ruang santai bersama. Kamu bisa mengajak pengunjung lain untuk bersama-sama main kartu atau permainan lain yang disediakan.

Jangan malu untuk menyapa terlebih dahulu Bestpackers, malu bertanya sesat di jalan. Kalau malu menyapa bisa menyesal belakangan, deh. Beneran, saat pertama kali berada di hostel jangan malu buat menyapa orang lain terlebih dahulu. Sekadar say hi bisa jadi modal awal untuk memulai perbincangan, lo. Nggak perlu overthinking duluan mengenai respon lawan bicara, cukup nikmati saja prosesnya. Umumnya penghuni hostel ramahramah dan memang dalam mode santuy dengan orang baru. Jadi, coba untuk say hi duluan adalah cara berkenalan paling tepat di hostel.

Mulailah mengobrol dengan topik yang ringan Saat memulai kenalan dengan orang baru, usahakan kalau kamu menyodorkan topik yang ringan terlebih dahulu, ya. Cara perkenalan ini penting banget buat dikuasai Bestpackers. Karena langkah pertama untuk memulai percakapan adalah menarik atensi si lawan bicara. Misalnya, saat di hostel kamu bisa memulai pertanyaan dengan, “Halo, asalnya dari mana? Atau “Kamu datang sendiri?”. Buatlah obrolan mengalir senatural mungkin, jangan terlihat kamu sedang menyiapkan skenario pembicaraan, ya.

Jangan biarkan suasana jadi krik-krik, ya Bestpackers, saat memulai percakapan dengan orang lain usahakan untuk lebih peka membaca situasi, ya. Pahami momen di mana lawan bicara kesulitan untuk melanjutkan topik di antara kalian berdua. Agar obrolan tidak segera berakhir cobalah jadi pribadi yang lebih aktif bertanya.

Carilah kesamaan dengan lawan bicara Setelah membicarakan topiktopik ringan, cobalah untuk masuk dalam pembicaraan yang lebih asyik. Menemukan kesamaan dengan partner bicara adalah cara berkenalan paling tepat untuk memperlama perbincangan.

#BestMagz by BestHostels Indonesia

Modal kesamaan ini biasanya membuat lawan bicara lebih tertarik dengan kita. Kuncinya cobalah mengorek informasi secara perlahan pada lawan bicara. Karena kalian adalah sesama traveler, mengorek mengenai pengalaman perjalanan bisa jadi topik pertama yang ditanyakan.

Bersikap antusias Kalau kamu traveling ke mancanegara, terkadang bahasa jadi faktor penghalang utama dalam komunikasi. Tapi ada cara berkenalan andalan yang bisa kamu gunakan agar lawan bicara tetap tertarik. Cara berkenalan tersebut adalah menggunakan body language yang menunjukkan kalau kamu sangat antusias. Respon jawaban dari partner bicaramu dengan ekspresi tersenyum dan dengarkan baikbaik saat mereka bercerita. Bahasa tubuh ini akan membantu kalian jadi lebih asyik dan nyaman satu sama lain. Selain tips di atas, berusaha menjadi diri sendiri juga nggak boleh dilewatkan saat kamu akan berkenalan dengan orang baru. Yups, saat jadi diri sendiri kamu akan lebih enjoy untuk ngobrol atau sekadar menyapa orang lain. Bestpackers, usahakan juga untuk menghargai privasi orang lain, ya. Jangan menanyakan hal-hal yang berbau privat pada lawan bicara yang baru ditemui. Selamat mencoba!

42


Best Info

Mau Menginap di Hostel? Yuk, Kenali Dulu Aturan Tidak Tertulis Ini! Penulis & Editor : Laras Setyaningsih Bestpacker, meski nggak tertulis langsung, ada beberapa peraturan yang harus diikuti selama di hostel. Apa saja, ya? Jalan-jalan ala backpacker tentu kurang afdol kalau nggak menginap di hostel. Yups, kehadiran akomodasi yang satu ini bisa jadi andalan agar kamu bisa hemat biaya selama traveling. Tapi sudah tahu belum kalau ada beberapa aturan tidak tertulis yang sebenarnya berlaku di hostel?

Jangan berisik Suka sebel nggak sih kalau ingin tidur tapi mendengar suara bising? Nah, begitu juga dengan orang lain, lho. Karena selama di hostel kamu akan berbagi ruangan dengan orang lain, jadi hindari menciptakan kebisingan.

Peraturan ini ada atas kesadaran diri masing-masing dari kita untuk saling menjadi kenyamanan satu sama lain. Nah, berikut ini beberapa aturan yang sebaiknya Bestpacker lakukan selama menginap di hostel.

Jaga kebersihan Masalah kebersihan sangat penting untuk diperhatikan selama backpacker berada di hostel. Karena nantinya kamu akan membagi ruangan dengan orang lain jadi hargai kenyamanan mereka. Aturan tidak tertulis ini berlaku saat di ruang tidur, kamar mandi, tempat makan, dan tempat-tempat lain. Agar lebih mudah untuk mengelola sampah, sebaiknya bawa kantong plastik sendiri selama traveling.

43

#BestMagz by BestHostels Indonesia

Ada beberapa hostel yang mengutarakan aturan ini secara langsung, meski nggak sedikit juga yang tidak menulisnya. Meski nggak ditulis tapi akan lebih bijak jika kamu memperhatikannya. Jika Bestpacker ingin ngobrol dengan penghuni lainnya sebaiknya pilih tempat di luar kamar, ya.


Begitu juga saat ingin mendengarkan musik atau bertelepon, gunakanlah earphone agar tidak mengganggu orang lain. Meski bertemu banyak teman baru di hostel, tetap ingat untuk jaga ketenangan ya!

Tidak membawa makanan dengan aroma kuat ke dalam kamar Bestpacker, jangan sekali-kali mencoba membawa durian ke hostel, deh. Karena baunya yang menyengat bisa bikin banyak orang nggak nyaman. Biasanya, hostel punya sirkulasi udara yang terbatas dalam satu ruangan, sehingga

segala aroma bisa bercampur baur disana. Jadi, agar penghuni lainnya tidak pingsan, sebaiknya hindari membawa makanan atau benda lain dengan aroma yang kuat, ya.

Kesadaran untuk menggunakan kamar mandi bersama Yang satu ini sering banget kelupaan di antara penghuni hostel. Bestpacker, berbeda dari hotel, kamar mandi di hostel merupakan fasilitas umum, ya. Jadi saat menggunakan kamar mandi harap memperhatikan kenyamanan orang lain. Bukan hanya faktor kebersihan, namun durasi waktu untuk mandi juga perlu diperhatikan. Buat kamu yang terbiasa mandi lama, ada baiknya jika bangun lebih awal dari penghuni hostel lainnya. Sementara itu, jika kamar mandi sedang digunakan harap antri dengan sabar, ya.

Cuci peralatan makan sehabis digunakan Sebagian besar hostel akan menyediakan peralatan makan yang boleh digunakan secara umum. Eitss, tunggu dulu, meski begitu penggunaan alat makan di hostel harus self service ya. Begitu juga dengan peraturan menjaga kebersihannya.

Siapkan alat yang membantu kenyamanan tidur Saat menginap di hostel kamu nggak bisa protes jika terganggu oleh suara penghuni yang baru datang tengah malam, AC yang terlalu dingin, atau lampu yang terlalu silau. Nah, agar tidurmu tetap nyaman sebaiknya bawa alat-alat untuk mengantisipasi hal ini. Misalnya, penutup telinga atau ear plug, kaos kaki untuk berjaga-jaga jika kedinginan, dan penutup mata saat tidur.

Berbagi terminal listrik dengan orang lain Bestpacker, jangan gunakan seluruh terminal listrik jika hostel yang kamu pilih tidak menyediakannya di masing-masing ranjang. Namun kalau ingin lebih leluasa untuk menggunakan listrik, sebaiknya bawa terminal sambungan sendiri. Itulah beberapa peraturan tidak tertulis selama kamu menginap di hostel. Meskipun nggak tertulis secara langsung namun tetap patuhi demi kenyamanan bersama, ya.

Jadi, setelah menggunakan alat makan jangan lupa untuk mencucinya lagi, Bestpacker.

#BestMagz by BestHostels Indonesia

44


Jejak Destinasi

Bestpackers, Ini 7 Fakta Menarik tentang Candi Borobudur Penulis & Editor : Laras Setyaningsih

Dibandingkan candi-candi lainnya, Candi Borobudur punya keunikan tersendiri. Yuk, simak fakta-fakta menarik tentang Candi Borobudur di bawah ini. Bestpackers, sesekali jangan hanya liburan ke alam, dong. Sempatkan juga untuk mengunjungi wisata sejarah dan budaya. Nah, salah satu tempat yang BestHostels Indonesia sarankan banget adalah Candi Borobudur. Liburan ke sini punya pride tersendiri sebagai warga negara Indonesia. Selain terkenal di kancah internasional, candi yang terletak di Magelang ini juga punya banyak keunikan yang tidak dimiliki candicandi lain. Berikut ini adalah tujuh keunikan Candi Borobudur yang perlu kamu ketahui.

45

Telah berdiri sejak abad ke-8

Memiliki ukuran yang sangat luas

Menurut hasil penelitian Candi Borobudur telah berdiri sejak abad ke-8 hingga ke-9. Untuk mengerjakan candi ini diperkirakan butuh waktu selama 75-100 tahun. Candi ini dibangun pada masa Dinasti Syailendra dan baru selesai pada saat pemerintahan raja Samaratungga.

Fakta yang satu ini tentu bukan hal baru lagi, dong? Yups, Candi Borobudur memiliki ukuran tapak candi yang sangat luas, yakni 123x123 meter persegi. Sementara itu, tinggi Candi Borobudur adalah 35,40 meter yang terdiri dari 504 patung Buddha, 72 stupa terawang, dan 1 stupa induk.

Namun sampai saat ini peneliti masih belum tahu Bestpackers alasan pembangunan candi yang satu ini. Kira-kira apa, ya?

#BestMagz by BestHostels Indonesia


Ditemukan oleh Gubenur Telah dipugar sebanyak Jenderal Inggris dua kali Gubernur Jenderal Inggris di Jawa, Sir Thomas Stamford Raffles, menemukan Candi Borobudur pada 1814. Cerita ini Ia tuliskan pada sebuah buku berjudul The History of Java atau Sejarah Pulau Jawa. Atas perintah dari Gubernur Jenderal Inggris, H.C. Cornelius ditugaskan untuk membersihkan area Candi Borobudur untuk dipelajari. Karena hal inilah secara perlahan Candi Borobudur berhasil diselamatkan dan kita kenal hingga sekarang.

Terdiri atas dua juta balok batu vulkanik Meski proses pembangunan Candi Borobudur masih jadi misteri namun ada hal yang unik dari struktur bangunannya, lo. Candi ini terdiri dari dua juta balok batu vulkanik yang terpahat dengan baik. Masingmasing saling mengunci sehingga Candi Borobudur tetap kokoh hingga hari ini.

Sejak pertama kali ditemukan hingga hari ini Candi Borobudur telah dipugar sebanyak dua kali. Pemugaran pertama dilakukan pada tahun 1885 saat masa pemerintahan Hindia Belanda. Pemugaran ini hanya memusatkan perhatian pada merawat patung dan batuannya. Sementara, pemugaran kedua dilakukan pada masa Presiden RI ke-2, Soeharto. Pemugaran yang dilakukan pada tahun 1984 ini menghabiskan dana sampai US$ 6,9 juta, lo.

Reliefnya Berkisah tentang Kehidupan Sang Buddha Di Candi Borobudur ada 2.671 pahatan relief yang tersebar di sepanjang bangunan candi. Sebanyak 1.460 reliefnya bercerita

tentang kisah Buddha, sementara sisanya sekadar relief dekoratif. Salah satu kisah dalam relief Candi Borobudur adalah peristiwa kelahiran Sang Buddha yang diberi nama relief Jataka dan Awadana. Selain itu, terdapat juga 504 arca Buddha yang terletak dalam 432 relung dan 72 stupa berlubang. Ternyata banyak banget ya fakta menarik tentang Candi Borobudur? Nah, waktu terbaik untuk berkunjung ke Candi Borobudur adalah menjelang matahari terbit. Pasalnya, di momen-momen inilah stupa di Candi Borobudur nampak semakin menawan. Tidak perlu bingung bagaimana caranya agar bisa datang di pagi buta. Cukup menginap di hostel terdekat agar kamu tidak terlambat menyaksikan pemandangan sunrise terbaik ini. Kamu bisa menginap di Arjuna Garden, Wonderloft, Peta Lodge, Javaku Hostel, Home Addicts, dan masih banyak lagi.

Sudah ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO Fakta yang terakhir ini tentu

sudah tidak asing di telinga? Sejak tahun 1991, Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan

Perserikatan Bangsa-Bangsa

(UNESCO) telah menetapkan Candi Borobudur sebagai salah satu

warisan dunia. Bahkan Candi ini

disebut-sebut sebagai satu dari tujuh keajaiban dunia, lo.

#BestMagz by BestHostels Indonesia

46


Jejak Destinasi

7 Wisata di Jakarta yang Nggak Boleh Dilewatkan Penulis & Editor : Laras Setyaningsih Buat warga Ibukota, biar liburanmu nggak harus macet-macetan di jalan, coba deh kunjungi wisata lokal. Jika kamu tinggal di ibukota, berikut ini 7 rekomendasi destinasi wisata di Jakarta yang harus dikunjungi. Buat kamu warga Jakarta, jalanjalan nggak selalu harus ke luar daerah, lo. Daripada harus bermacet-macetan ke luar kota mending menikmati wisata di Jakarta aja. Ada berbagai spot liburan menarik di dalam kota yang nggak kalah kece dari luar kota. Jalan-jalan di kota sendiri juga sama asyiknya dengan liburan ke luar kota, kok. Nah, ini dia rekomendasi destinasi wisata yang ada di Jakarta.

1. Datang ke Museum Nasional Berkunjung ke museum pasti bikin ngantuk? Kalau begitu pasti kamu belum berkunjung ke Museum Nasional, ya? Museum Nasional merupakan salah satu tempat terbaik yang wajib kamu kunjungi saat liburan ke Jakarta. Lokasinya berada di sebelah barat Lapangan Merdeka. Museum Nasional ini merupakan museum terbesar di Indonesia, koleksi arkeologi dan etnografi Museum Nasional mencapai 70.000 artefak.

47

#BestMagz by BestHostels Indonesia


Nggak hanya koleksinya yang ‘kuno’, bangunannya pun demikian. Bangunan museum ini telah berumur lebih dari 150 tahun, Bestpackers. Nah, berkunjung ke Museum Nasional saat di Jakarta nggak boleh dilewatkan karena tempat ini menyimpan ‘harta karun’ bangsa yang megah banget.

2. Foto-foto cantik di Museum MACAN Ketika mendengar namanya, mungkin kita akan mengira tempat ini sama dengan taman safari. Namun kenyataannya salah. Museum MACAN merupakan singkatan dari Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara. Destinasi wisata di Jakarta ini pas banget buat kamu pengagum karya seni baik modern maupun kontemporer. Karena karya yang dipamerkan di Museum MACAN nggak sebatas lukisan saja, ada juga berbagai karya kontemporer yang dikemas dengan beragam teknik dan media. Salah satu karya seni yang paling diminati di Museum MACAN berjudul Infinity Mirrored Room. Karya seni ini dibuat oleh seorang seniman ternama Jepang, Yayoi Kusama.

3. Menyeruput secangkir kopi nikmat di Es Kopi Tak Kie Es Kopi Tak Kie bukanlah sebuah kedai kopi baru yang muncul di era milenial ini. Es kopi ini merupakan kedai kopi legendaris yang sudah buka sejak tahun 1927, lo. Racikan kopi di kedai Es Kopi Tak Kie punya ciri khas tersendiri dan bikin kamu nggak bisa lupa.

Nah, kalau kamu ingin mencoba varian menu lain tentunya ada juga, kok. Di sini juga tersedia es kopi hitam dan es kopi susu yang tentunya dengan cita rasa khas kopi Tak Kie.

4. Eksplor Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah Siapa sih yang nggak tahu tempat wisata di Jakarta yang satu ini? Pasti sudah tahu, dong. Taman Mini Indonesia Indah atau TMII merupakan arena wisata edukasi, sejarah, dan hiburan yang menarik buat dikunjungi. Daya tarik utama tempat wisata ini adalah miniatur berbagai budaya dari 33 provinsi di Indonesia. Di TMII juga terdapat berbagai wahana menarik seperti teater IMAX Keong Mas, Istana Anak Indonesia, kereta gantung, Anjungan Daerah, SnowBay, teater 4D, hingga perahu angsa. Wisata di Jakarta ini cocok untuk semua jenis umur. Jadi kamu nggak perlu takut mati gaya kalau liburan ke TMII.

5. Belajar sejarah Jakarta di Kota Tua

semakin asyik. Beberapa museum yang ada di kawasan kota tua adalah Museum Wayang, Museum Bank Indonesia. Museum Bahari, hingga Museum Fatahilah. Di sini Bestpackers juga bisa menyewa sepeda onthel tua untuk mengitari area Kota Tua.

6. Have Fun di Dunia Fantasi Dunia Fantasi atau Dufan merupakan taman hiburan keluarga yang berlokasi di area Taman Impian Jaya Ancol. Taman wisata ini menawarkan beragam wahana, mulai dari yang menegangkan seperti Tornado, Halilintar, dan Hysteria hingga permainan untuk semua umur seperti rumah miring, poci-poci, dan pontang-pontang. Destinasi wisata di Jakarta ini juga punya beberapa wahana khusus. Misalnya Ice Age Arctic Adventure, Treasureland, Dufan Glow. Fantasy Lights, dan Hello Kitty Adventure. Seru-seru, kan? Nah, sekadar tips agar vibes liburan tetap terasa dan ramah di kantong, pastikan kalau kamu memesan hostel di BestHostels Indonesia untuk menginap selama liburanmu, ya.

Jalan-jalan ke Jakarta rasanya nggak akan lengkap tanpa mengunjungi Kota Tua. Destinasi wisata di Jakarta ini nggak hanya menyimpan nilai historis yang tinggi namun juga hits buat dikunjungi turis. Banyak gedung-gedung tua bergaya kolonial yang ada di kawasan kota tua Jakarta cocok banget buat spot foto. Suasana gedung-gedung tua yang klasik ditambah museum di kanan kirinya bakalan bikin vibes liburanmu jadi

#BestMagz by BestHostels Indonesia

48


Jejak Destinasi

Hal Seru yang Wajib Banget Dilakukan Saat di Yogyakarta! Penulis & Editor : Laras Setyaningsih

Nggak hanya Malioboro, Jogja punya sederet tempat wisata menarik yang nggak boleh Bestpackers lewatkan. Mulai dari wisata budaya sampai wisata alam semuanya ada. Simak rekomendasi wisata di Yogyakarta yang nggak kalah menarik di sini. Tidak hanya kota pelajar, Yogyakarta juga terkenal sebagai kota wisata dan kota budaya. Buat Bestpackers, apa yang terlintas di otakmu kalau ngomongin tentang wisata di Yogyakarta? Malioboro? Duh, Yogyakarta nggak hanya tentang Malioboro. Ada banyak tempat wisata lain yang menarik kamu kunjungi selama di Yogyakarta. Berikut ini destinasi wisata hidden gem di Yogyakarta serta budget yang dibutuhkan untuk di sana.

49

Menjelajahi Taman Sari

Berswafoto di Tugu Yogyakarta

Tempat ini menyimpan segudang cerita sejarah penting tentang Kesultanan Yogyakarta. Kalau berbicara secara tampilan, Taman Sari nyeni banget. Dulunya tempat ini merupakan pemandian pribadi bagi sultan dan para permaisurinya, sehingga tidak heran kalau desain bangunannya cantik banget.

Jangan bilang udah ke Jogja kalau belum berfoto dengan tugu iconic yang satu ini. Tugu yang satu ini usianya udah 300 tahun dan dipercaya memiliki nilai mistis bagi masyarakat setempat. Kalau ditarik garis imajiner, Tugu ini segaris lurus dengan Gunung Merapi, keraton Yogyakarta, dan Pantai Selatan. Hal ini melambangkan kesinambungan antara manusia dengan Tuhan dan alam.

Buat kamu yang ingin foto-foto dengan background arsitektur kerajaan, tidak ada salahnya mengunjungi Taman sari. Di sini Bestpackers juga bisa menyusuri lorong-lorong bawah tanah yang punya kesan megah dan misterius. Harta tiket masuk Taman Sari untuk wisatawan lokal sangat terjangkau, yakni Rp 5.000 saja.

#BestMagz by BestHostels Indonesia

Selain berswa foto di sini Bestpackers juga bisa mencoba kuliner khas setempat di sepanjang jalan di sekitaran Tugu Jogja, lo. Untuk mengunjungi tugu ini kamu tidak dikenakan biaya masuk alias gratis.


Keliling dunia di Merapi Park Yogyakarta

Jalan-jalan di Pantai Parangtritis

Cuma di Jogja kamu udah bisa merasakan sensasi keliling dunia dengan sekejap saja. Dimana lagi kalau bukan di Merapi Park Yogyakarta. Di sini Bestpackers akan dibawa ke berbagai negara tanpa harus jauh-jauh berpindah. Yups, destinasi wisata ini menyajikan miniatur landmark negara-negara di dunia. Mulai dari kincir angin khas Belanda, menara Pisa di negeri Italia, Menara Eiffel Paris, Patung Liberty USA dan berbagai miniatur negara yang bikin takjub.

Terkenal sebagai rumah “Nyi Roro Kidul” pantai yang satu ini terkenal bangat di Yogyakarta. Eitts, tapi bukan hanya sisi magisnya yang bikin Pantai Parangtritis cocok dikunjungi namun juga view-nya yang menakjubkan. Destinasi wisata yang satu ini terkenal dengan garis pantainya yang panjang sehingga membuat mata kita dimanjakan dengan kesan pantai yang luas.

Nggak cuma foto, Merapi Park Yogyakarta juga menyediakan destinasi wisata lain mulai Cowboy Town/Indian Village, Kids Waterpark, dan berbagai wahana bermain anak-anak. Nah, yang membedakan dengan tempat wisata sejenis di tempat lain adalah viewnya. Karena berada di kaki Gunung Merapi, kamu bakalan merasakan liburan seru with a view.

Tidak hanya menikmati suasana pantai, ada banyak hal yang bisa Bestpackers nikmati saat berkunjung ke tempat wisata ini. Mulai dari naik delman, mengendarai ATV, berenang, dan masih banyak lagi. Nah, buat pecinta senja, Pantai Parangtritis juga terkenal punya pemandangan sunset yang menakjubkan, lo. Untuk tiket masuknya hanya dibanderol dengan harga Rp10.000 saja.

#BestMagz by BestHostels Indonesia

Kunjungi Grand Canyonnya Jogja di Air Terjun Luweng Sampang Destinasi wisata ini sering banget disebut sebagai hidden gem-nya Yogyakarta. Sekilas mirip dengan Grand Canyon di Amerika Serikat, Air Terjun Luweng Sampang memiliki pemandangan tebing yang artistik berupa relief batuan kapur di kanan kirinya. Air terjun ini berada di Desa Sampang, Gedang Sari, Gunung Kidul. Punya tinggi sekitar 5 meter, deru air jatuh dari Air Terjun Luweng Sampang menenangkan banget. Konon dulunya tempat ini merupakan petilasan pertapaan dari Sunan Kalijaga, lo. Harga tiket masuk air terjun ini sangat terjangkau, yaki Rp 2.000 saja untuk wisatawan lokal.

50


Wisata Masa Lalu ke Candi Ijo Buat kamu yang ingin jalan-jalan ke candi-candi di Yogyakarta namun minim budget, candi yang satu ini adalah pilihan yang tepat. Candi Ijo merupakan salah satu candi di Yogyakarta yang sangat unik. Candi ini terletak di atas bukit sehingga kamu bisa melihat pemandangan Kota Yogyakarta dari ketinggian. Kompleks Candi Ijo terdiri dari 17 struktur bangunan dan terbagi dalam 11 teras berundak. Ada berbagai jenis arca yang terdapat di tempat ini. Namun yang paling terkenal adalah arca lingga dan yoni yang terdapat di candi utama.

51

Sesuai namanya, halaman Candi Ijo ditumbuhi rumput subur yang sekilas mirip dengan rumput lapangan sepak bola. Yang unik dari Candi Ijo adalah sunsetnya. Yups, sebaiknya kamu datang ke Candi Ijo saat sore hari agar bisa melihat panorama sunset dari candi.

Kebun Buah Mangunan Mau healing di tempat yang asri sambil memetik berbagai jenis buah? Coba deh mampir ke Kebun Buah Mangunan. Tempat wisata ini berada di ketinggian sehingga punya hawa yang sejuk dengan view cantik khas pegunungan.

#BestMagz by BestHostels Indonesia

Hamparan hijau yang memanjakan mata dan hawa dingin khas pegunungan akan bikin proses healing-mu jadi lebih cepat dilakukan. Bestpackers juga bisa berburu foto yang Instagramable di Kebun Buah Mangunan. Ternyata banyak banget kan hidden gem di Yogyakarta? Biar semua tempat-tempat di atas bisa kamu datangi semua, agendakan untuk menginap. Ada banyak hostel ciamik nan murah di kota pelajar ini, misalnya KoloKolo Hostel, Happy Buddha Hostel, The ToeRu Pod Jogja, dan masih banyak lagi. Untuk melihat lebih lengkapnya kepo-in website Besthostels.co.id.


Tips Kebiasaan Baru Siapa yang sudah mulai work from office atau ngampus offline? Angkat tangan! Selamat, ya! Indonesia telah memasuki babak baru dari pandemi COVID-19. Harapannya penurunan angka infeksi kasus COVID-19 akan terus menurun. Tapi jangan sampai lengah meski sudah boleh beraktivitas hampir seperti sebelum pandemi. Tetap lakukan kebiasaan-kebiasaan penting untuk mencegah penularan, ya. Berikut ini adalah sembilan hal yang wajib kamu perhatikan;

Gunakan Masker Saat berada diluar rumah

Mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun

Lakukan olahraga setiap hari

Hindari berjabat tangan dan tetap jaga jarak

Usahakan untuk menggunakan uang elektronik

Jangan lupa untuk selalu membawa hand sanitizer

Selalu mandi setibanya di rumah pasca bepergian

Konsumsi makanan bergizi

Hindari makan bersama sambil nongkrong. Take away aja.

#BestMagz by BestHostels Indonesia

52


Jejak Kuliner

7 Makanan Khas Bali yang Wajib Dicicipi! Penulis & Editor : Laras Setyaningsih Jalan-jalan ke Bali nggak lengkap tanpa nyobain makanan khasnya. Nah, biar nggak bingung milih, berikut ini 9 makanan khas Bali yang wajib kamu coba selama traveling. Traveling bakalan kurang afdol jika kita nggak mencicipi makanan khas daerah tersebut. Ini berlaku juga saat Bestpacker berkunjung ke Bali. Pulau cantik ini tidak hanya menyajikan keindahan alamnya, lho. Ada banyak makanan khas Bali yang menggugah selera dan sayang banget kalau nggak dicoba. Makanan khas Bali bisanya memiliki citarasa yang kuat karena diolah dengan rempah-rempah berlimpah. Di antara segudang makanan khas Bali, berikut ini 9 yang paling recommended untuk kamu coba.

53

1. Ayam betutu Menyebut makanan khas Bali tentu nggak lengkap rasanya jika tidak dimulai dari ayam betutu. Menu yang satu ini telah banyak dikenal oleh masyarakat luas akan kelezatannya.

Ayam yang sudah dibumbui kemudian dibungkus daun pisang atau daun pinang, lalu dipanggang. Selain citarasa pedas khas rempahrempah, rasa gurih pada daging ayam betutu juga nggak perlu diragukan lagi, lho. Tidak hanya ayam, kamu juga bisa memilih varian bebek betutu.

2. Sate lilit

Ayam betutu merupakan sajian ayam kampung utuh yang perutnya telah diisi dengan bumbu khas Bali.

#BestMagz by BestHostels Indonesia

Jangan mengaku traveling ke Bali kalau belum mencoba makanan khas Bali yang satu ini. Sate lilit merupakan daging yang diolah dengan cara dilekatkan pada tusuk satenya hingga menempel. Biasanya tusukan sate lilit dibuat dari tangkai bambu atau batang serai.


Dari segi tampilan tum ayam sangat mirip dengan pepes, yakni dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus. Menyantap tum ayam paling asyik dengan nasi hangat.

Bahan yang digunakan untuk membuat sate lilit adalah daging cincang yang telah dibumbui. Teksturnya yang empuk dan gurih bakal bikin kamu ketagihan.

3. Nasi Tepeng Nasi tepeng sekilas mirip dengan nasi campur di beberapa daerah lainnya. Namun yang menjadi khas adalah sajian lauk yang terdapat dalam nasi tepeng. Umumnya, nasi tepeng disajikan dengan lauk beberapa sayuran, kacang merah, kelapa parut, nangka muda, dan daging.

Nah, yang bikin menarik, nasi tepeng disajikan dengan alas daun pisang. Menggugah selera banget, kan?

5. Nasi jinggo Ingin mencoba makanan khas Bali yang murah meriah? Nasi jinggo bisa dijadikan menu pilihan yang tepat buat Bestpacker.

kacang panjang, terong bulat, tauge, pare, buncis, dan beberapa variasi lainnya.

Nah, tapi bumbu untuk serombotan cukup unik, lho. Karena bumbunya dibuat dari campuran kunyit, kencur, lengkuas, dan bumbu kacang pedas.

7. Lawar Sudah kesohor dengan kelezatannya, lawar bisa menjadi pilihan makanan yang harus kamu coba selama di Bali. Lawar adalah daging cincang dan disajikan dengan aneka sayuran, seperti kacang panjang yang dibumbui parutan kelapa dan rempahrempah.

Kuliner ini biasanya terdiri dari nasi, daging ayam suwir, mie goreng, tempe goreng, dan sambal khasnya yang disajikan dengan kemasan daun pisang. Karena rasanya yang lezat dijamin kamu nggak cukup dengan satu bungkus saja.

4. Tum Ayam

6. Serombotan

Ingin mencoba versi lain dari pepes? Pergi ke Bali, yuk. Di Bali, Bestpacker bisa merasakan kuliner unik bernama tum ayam. Sajian ini berupa daging ayam yang dicincang dan diolah bersama bumbu-bumbu khas Bali.

Pengen makan sayur-sayuran yang sehat nan segar? Yups, berkunjung ke Bali nggak boleh dong melewatkan serombotan. Menu yang berasal dari daerah Klungkung ini menyajikan campuran sayursayuran, seperti bayam, kangkung,

#BestMagz by BestHostels Indonesia

Ada dua jenis lawar yang umum di Bali, yakni lawar merah dan lawar putih. Lawar merah dibuat dengan bahan daging plus campuran darah. Jadi kalau kamu mau “main aman”, pilih lawar putih saja. Banyak varian lawar seperti lawar ayam, lawar kuwir (daging mentog), dan juga yang non halal yaitu lawar babi.

54



#BestMagz by BestHostels Indonesia


Liburan Seru, Pesannya di BestHostels Aja!

Temukan petualangan tak terbatas di berbagai destinasi di Indonesia


Issuu converts static files into: digital portfolios, online yearbooks, online catalogs, digital photo albums and more. Sign up and create your flipbook.