Page 1

Fun | Relax | Low Budget Juli-Agustus 2011

KEINDAHAN TERSEMBUNYI PULAU SEMPU Pulau seluas 877 hektar ini punya keindahan dan kaya keragaman flora fauna

BULOK tarian daerah

EE R FMagazine

KOMUNITAS odong-odong TRAVElLER PROFIL Dina duaransel.com JULI-aGUSTUS 2011

I b a c K p a Ck i n


Daftar Isi

3 15

33

ORDINAT 3 KEINDAHAN TERSEMBUNYI Adalah tepat ketika pada tahun 1928 pemerintahan belanda menyematkan gelar cagar alam pada pulau ini. PANDU 13 MENUJU PULAU SEMPU Malang – Turen (45 km) Bus dari terminal Hamid Rusdi, jurusan Malang - Dampit – Lumajang, turun di Turen. Harga Rp 4.000,00 CATPER 19 KETIKA BERTEMU HARIMAU Sempu tidak ada dalam rencana kami. Mendengar namanya pun belum pernah. Tujuan kami ke malang ini adalah untuk ke bromo. Kami pergi berempat.

1

b a c k p a Ck i n I

JULI-AGUSTUS 2011

GALERI 27 PULAU SEMPU BULOK 29 TARIAN DAERAH Indonesia kaya dengan keindahan alam dan beragam bahasa daerah. Juga punya banyak tarian daerah. KOMUNITAS 35 ODONG=ODONG TRAVELLER PROFIL 39 DINA DUARANSEL.COM


Dari Redaksi Salam Ransel, Manusia tidak pernah luput dari kekurangan, begitupun kami dari redaksi Backpackin Magazine. Mohon maaf atas keterlambatan kami menerbitkan kembali majalah online ini. Tentu selanjutnya kamipun berharap tidak akan terulang lagi. Kali ini kami sajikan Cagar Alam Pulau Sempu untuk menu utama destinasi kita. Kenapa Sempu? Karena pulau ini unik dan menantang. Datang sekali rasanya belum cukup. Jangan lewatkan catper kali ini, dijamin berbeda dengan segala macam kisah yang pernah kamu dengar tentang Sempu! Selamat berpetualang! REDAKSI

RESENSI 43 MENGINTTIP KEINDAHAN INDONESIA TIPS 45 MERAWAT KAMERA UNDERWATER AKSESORIS 49 PERALATAN SNORKELING PENGANAN 51 CIRENG CIPAGANTI KONTRIBUTOR 53 BM EDISI 9 INTERAKSI 56 DIKERJAIN!! KENA DEH!! EDISI DEPAN 57 DIENG

Foto Cover: Flickr.com/Highground, Foto Advertorial : Niko Wazir

PIMPINAN UMUM Khemal Nugroho khemal@backpackinmagazine.com PIMPINAN REDAKSI Ambar Arum ambar@backpackinmagazine.com EDITOR Muhammad Iqbal Ghamal Satya Mohammad TIM REDAKSI Annisa M.F. Harahap Soekarno Ibrahim TIM ARTISTIK Galih Permadi Kibar Desain Salman WEBMASTER Kurniawan Aji Saputra WEBSITE www.backpackinmagazine.com EMAIL redaksiezinebi@yahoo.com Redaksi menerima saran, kritik, dan artikel dari BM Readers yang bisa dikirim melalui alamat email kami. J uli ULI-aGUSTUS 2011

I b a c K p a Ck i n

2


ORDINAT

Adalah tepat ketika pada tahun 1928 pemerintahan belanda menyematkan gelar cagar alam pada pulau ini.

b a c k p a Ck i n I

K E IN D A H AN T E R S E M B U

PULAU SEMP

JULI-AGUSTUS 2011


UNYI

PU JULI-aGUSTUS 2011

I b a c K p a Ck i n


ORDINAT

YA, PULAU SELUAS 877 hektar di selatan pulau Jawa ini memiliki keindahan dan keragaman flora fauna yang terlalu kaya untuk sekedar dinikmati sebagai tempat wisata semata. Terlebih dengan perilaku wisatawan kebanyakan yang abai menjaga keutuhan alam.

Oleh : Ambar Arum Foto: Ika Soewadji, Rahmanul Alianta, Galih Permadi, Flickr.com

5

b a c k p a Ck i n I

JULI-AGUSTUS 2011

Lebih dari itu, pulau ini selayaknya menjadi tempat untuk penelitian dan ilmu pengetahuan, seperti diamanatkan dalam SK. GB No. 46 Stbl. 1928 No. 69 tahun 1928. Bahkan sejak Indonesia belum merdeka, pulau ini sudah mendapat pengakuan akan kekayaan hayatinya. Namun ada baiknya terlebih dulu mengurus surat izin masuk kawasan konservasi (SIMAKSI) cagar alam Pulau Sempu yang bisa diperoleh di tiga tempat yaitu : 1. Jl.Bandara Juanda Surabaya. 2. Bidang KSDA Wilayah III, di Jl.Jawa No.36 Jember.


JULI-aGUSTUS 2011

I b a c K p a Ck i n

6


ORDINAT

7

b a c k p a Ck i n I

JULI-AGUSTUS 2011


SENDANG BIRU, PANTAI TERDEKAT MENUJU PULAU SEMPU. ADA RESORT KONSERVASI WILAYAH PULAU SEMPU, NAMUN FUNGSINYA HANYA SEBATAS POS PENJAGAAN

3. Seksi Konservasi Wilayah VI, di Jl.Mastrip No.88 Probolinggo. Di Sendang Biru, pantai terdekat menuju Pulau Sempu, memang ada Resort Konservasi Wilayah Pulau Sempu, namun fungsinya hanya sebatas pos penjagaan, bukan pos perijinan, jadi tidak dapat mengurus SIMAKSI disini. Namun sebelum menyeberang, kita perlu lapor sambil membawa SIMAKSI ke pos ini.

JULI-aGUSTUS 2011

I b a c K p a Ck i n

8


ORDINAT Awal Perjalanan Pulau Sempu berlokasi di Kabupaten Malang, tepatnya di Dusun Sendang Biru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbar Manjing Wetan. Menuju kesini paling mudah adalah dengan jalur Malang – Turen – Sendang Biru – Sempu. Dari Malang hingga Sendang Biru dapat ditempuh dengan kendaraan umum. Sampai di Sendang Biru, sudah terhampar kapal-kapal nelayan yang siap disewa untuk mengangkut kita ke Pulau Sempu. Belum sampai mulut menguap, bahkan mungkin belum sempat kita duduk berlama-lama dikapal, tiba-tiba kita akan disuruh turun ditengah-tengah laut, tepatnya sekitar 50 meter dari teluk Semut, sebelah barat Pulau Sempu. Kapal tidak dapat

9

b a c k p a Ck i n I

JULI-AGUSTUS 2011


merapat, kapten! Kita harus mencebur diri hingga kira-kira sepinggang, tergantung tinggi badan kita tentunya. Kemudian berjalan semenit, sampailah kita di Sempu! Ketika sampai di bibir pantai Pulau Sempu, ekosistem hutan pantai sedang berjejer manis dihadapan kita. Seandainya mereka bisa bergerak seperti manusia, barangkali mereka sudah melakukan tarian ritual penyambut tamu. Tapi untungnya mereka tidak bisa.

Menuju Segara Anakan Danau Segara Anakan menjadi tujuan kebanyakan pengunjung. Setidaknya ada dua tempat lain yang memiliki nama

serupa. Segara Anakan di Cilacap (Nusa Kambangan) dan Segara Anak di kawasan Gunung Rinjani, Lombok. Danau Segara Anakan yang di Sempu ini, konon banyak yang bilang serupa atau bahkan lebih indah daripada Phi Phi Island di Thailand, tempat Leonardo Dicaprio syuting The Beach. Ah, terserah mau dibilang mirip siapa, yang jelas tempat ini memang luar biasa indah. Dari bibir pantai, berjalan masuk semakin dalam, jalur berlumpur langsung terhidang. Siap-siap saja beli sandal baru sepulang dari sini. Kalau cuaca buruk, jarang ada sandal yang selamat sampai tujuan, sekalipun sandal gunung merek beken. JULI-aGUSTUS 2011

I b a c K p a Ck i n

10


Sepatu lebih aman, tapi juga akan berubah warna jadi coklat lumpur. Siap-siap nyuci! Tapi jalurnya jelas. Pandai-pandailah mengatur waktu kunjungan kesini. Kalau cuaca sedang cerah, perjalanan tidak akan terlalu sulit. Yang paling penting kalau mau kesini adalah : bawa air banyak-banyak! Apalagi kalau niat mau kemping disini, karena danau Segara Anak bukan danau air tawar. Dalam kurun waktu sejam hingga satu setengah jam, kita akan tiba di Danau Segara Anakan. Sampai disini umumnya kita terserang amnesia ringan, lupa dengan jalur panjang dan melelahkan yang baru saja kita

11

b a c k p a Ck i n I

JULI-AGUSTUS 2011

lalui. Capek? Sudah lupa tuh! Di antara karang-karang itu, ada lubang tempat masuknya air dari laut lepas. Tempat kamu berdiri merupakan hamparan pasir putih yang masih sangat bersih. Itulah Segara Anakan! Danau air asin ini terbentuk karena ada karang-karang yang melingkar tersebut. Air dari laut yang masuk ke dalamnya melalui lubang (Karang Bolong), terjebak di dalam ‘lingkaran’ karang-karang tersebut sehingga membentuk danau dengan air yang tenang.


JM U LAI R- a ET G -UaSpril TUS 2011

I b a c K p a Ck i n

12


PANDU

MENUJU SENDANG BIRU 1. Malang – Turen (45 km) Bus dari terminal Hamid Rusdi, jurusan Malang - Dampit – Lumajang-Turen. Harga Rp 4.000,00 2. Turen – Sendang Biru (45 km) Angkutan kota jurusan Turen – Sumbermajingwetan – Sendang Biru. Harga Rp 12.000,00 13

b a c k p a Ck i n I

JULI-AGUSTUS 2011


SUDUT LAIN PULAU SEMPU

DARI SEGARA ANAKAN, berbeloklah sedikit ke sebelah kiri, panjat karang-karangnya, kemudian ganasnya debur ombak Samudra Hindia akan menyambut. Inilah Pantai Kembar. Mari dinikmati barang sejenak, sambil menutup mata dan membuka tangan lebar. Biarkan anginnya mengacaukan rambut kita.

Tapi jangan sampai tertidur. Sempu

masih luas, kawan! Mari beranjak! Teruslah melangkah menyusuri pinggir pulau, setelah Pantai Kembar, trekking sebentar, kita akan sampai ke Pantai Pasir Panjang. Pantai ini luas dan kadang menjadi pilihan untuk membangun tenda selain di Segara Anakan.

MENUJU SEMPU Sendang Biru – Pulau Sempu (0,8 km) Kapal nelayan, sampai Teluk Semut kemudian lanjut trekking. Harga Rp 100.000 (pp), bisa menampung 10-12 orang.

Belum cukup dengan itu? Sempu

juga memiliki setidaknya dua goa, yaitu Goa Air Tawar dan Goa Macan. Namun tempattempat itu memang jarang dikunjungi, karenanya jalurnya menjadi kurang jelas. Sebaiknya minta bantuan penduduk lokal kalau memang mau kesana.

JM U LAI R- a ET G -UaSpril TUS 2011

I b a c K p a Ck i n

14


PANDU

TIKET MASUK 1. Tiket masuk Sendang Biru Rp 5.500,00 2. Tiket masuk Pulau Sempu Rp 20.000,00

SEWA 1. Sewa kapal Rp 100.000,00 2. Sewa porter Rp 150.000,00 3. Sewa guide Rp 100.000,00 15

b a c k p a Ck i n I

J UELI I--April M A G U S T2U0S1 12 0 1 1


KONTAK PENTING Polisi Hutan Sendang Biru 1. Setyadi (085233468545) 2. Ardiyanto (085233104008)

TIPS 1. Uruslah dulu SIMAKSI (Surat Ijin Masuk Kawasan Konservasi) di : o Kantor Balai Besar KSDA Jawa Timur di Jl.Bandara Juanda Surabaya. o Kantor Bidang KSDA Wilayah III, di Jl.Jawa No.36 Jember.

o Kantor Seksi Konservasi Wilayah VI, di Jl.Mastrip No.88 Probolinggo. 2. Hindari ke tempat ini saat musim hujan, trek jadi sangat licin dan berbahaya. 3. Perhatikan jam masuk ke Pulau Sempu: o Bagi yang tidak bermalam: jam: 06.00 s/d 12.00. (diatas jam:12.00 dilarang masuk) o Bagi yang akan bermalam: jam: 06.00 s/d 16.00. (diatas jam:16.00 dilarang masuk) 4. Bawa air yang banyak karena di Segara Anakan tidak ada air tawar 5. Kalau mau kemping, jangan pasang tenda terlalu dekat dengan laut, karena malam hari laut pasang.

JM U LAI R- a ET G -UaSpril TUS 2011

I b a c K p a Ck i n

16


CATPER

17

b a c k p a Ck i n I

J UELI I--April M A G U S T2U0S1 12 0 1 1


Ketika Bertemu Harimau

PULAU SEMPU

SEMPU TIDAK ADA dalam rencana kami. Mendengar namanya pun belum pernah. Tujuan kami ke Malang ini adalah untuk ke Bromo. Kami pergi berempat. Saya Ghamal, bersama tiga sahabat dekat saya, Khemal, Alfi dan Akbar. Oleh: Ghamal-Khemal-Ali-Akbar | Foto: Ghamal-Khemal-Ali-Akbar, Rahmanul Alianta & Erlangga Mahardika

JM U LAI R- a ET G -UaSpril TUS 2011

I b a c K p a Ck i n

18


CATPER

Foto: Kakaban Tour

19

b a c k p a Ck i n I

JULI-AGUSTUS 2011


Foto: Ghamal-Khemal-Alfi-Akbar

Kami dari Jakarta naik Matarmaja menuju Malang. Di Malang kami mampir ke rumah Budhe saya di daerah Dinoyo. Disinilah kata Sempu pertama kali terdengar dari mulut Budhe saya. “Ini nih dia abis dari Sempu (sambil menunjuk saudara saya). Bagus tuh. Adanya di selatan, deket kok dari sini tinggal turun kebawah aja.” Katanya juga Pulau Sempu itu sebenernya cagar alam, tempat biasa TNI latihan. Wah, ada ya tempat kayak gitu. Dari cerita dia, sepertinya mudah sekali mencapai Sempu. Tak ada salahnya kesana. Maka setelah dari Bromo, kami naik bus menuju Sendang Biru. Sebelumnya kami bertanya dulu ke sang kenek, apakah bus ini lewat Sendang Biru. “Oh ya, lewat dek, lewat, ayo naik, naik cepetan!” Beberapa jam kemudian kami diturunkan. Katanya tinggal jalan lurus. Namun setelah jauh kami berjalan tak ada tandatanda yang menunjukkan kami di Sendang Biru. Kami mulai merasa aneh. Sampai akhirnya kami bertemu petugas Koramil lalu bertanya sambil kasih lihat peta. “Pak, kita mau kesini, namanya Sendang Biru,” “Kalau di deket sini adanya Banyu Biru.” “Hah?! Ini, Pak, Sendang Biru yang ada di selatan sini lho.” “Lah ini kalian ada di utara.” (sambil menunjuk peta) HAH!! Jauh gila!! Ini mah kita udah salah arah dari awal! Akhirnya kami oper-oper bus, hari semakin gelap. Lalu kami dioper ke mobil bak terbuka yang kebetulan lewat. Kemudian salah satu bapak mengajak kami bicara, “Kalian mau kemana?”

Foto: Ghamal-Khemal-Alfi-Akbar

PULAU SEMPU ITU SEBENERNYA CAGAR ALAM, TEMPAT BIASA TNI LATIHAN

“Sendang Biru, pak.” Dia diam sejenak, “hmm, kalian menginap di rumah saya aja kalau begitu.” Namanya Pak Slamet. Kami diajak makan, kemudian dibawa kerumahnya. Rumahnya di dekat pasar Turen. Pagi-pagi kami bangun. Setelah ngobrol dengan Pak Slamet, kamipun pamit dan berangkat menuju Sendang Biru. Sampai disana sekitar jam 2 siang. Setelah tanyatanya informasi tentang kapal dan segala macamnya, tiba-tiba ada yang menyahut, “kalau mau nyebrang harus ada ijin dari Dinas Kehutanan, mas.” Waduh, apa pula itu! Kamipun ke pos penjagaan, ditanya macam-macam oleh polisi hutan, untung orangnya baik dan ramah. Polisi hutan

JULI-aGUSTUS 2011

I b a c K p a Ck i n

20


CATPER itu sekali lagi bilang kalau mau ke Sempu harus ada surat ijin karena Sempu termasuk kawasan cagar alam, masih banyak binatang buas disana. Saya ingat betul polisi itu menyebut macan. Macan dan buaya. Akhirnya kami dibantu dicarikan nelayan yang mau mengantar kami menyebrang. Setelah menyebrang, kami berenang sedikit untuk mencapai bibir pulau Sempu. Plang besar ‘Cagar Alam Pulau Sempu,’ pun terlihat. Kata si nelayan tinggal jalan lurus aja. Oke, dimulailah petualangan kami di Pulau Sempu. Banyak binatang ajaib yang kami lihat. Pertama Alfi melihat burung besar terbang di atas kita. Lalu setelah masuk sedikit, Khemal melihat monyet hitam besar. Saya juga lihat burung besar, namanya burung Rangkok, sama Elang Jawa juga. Tapi kami tidak bahas itu selama disana dan terus jalan masuk. Foto: Ghamal-Khemal-Alfi-Akbar

Foto: Ghamal-Khemal-Alfi-Akbar

21

b a c k p a Ck i n I

JULI-AGUSTUS 2011


Foto: Ghamal-Khemal-Alfi-Akbar

Foto: Ghamal-Khemal-Alfi-Akbar

Semakin masuk kedalam, kami mendengar suara aneh. “Oakk.. Oakk..” Suaranya kencang dan seperti dekat dengan kami! Tidak terbayang apakah ini suara monyet, atau burung, atau apa. Perasaan saya mulai tidak enak, langkah kami perlambat. Saya coba cek suara apa itu sebenarnya. Saya dan Akbar maju perlahan, sedang Alfi dan Khemal menunggu. Saat inilah saya dengar suara yang lebih menakutkan lagi, “Rrrr...” Langsung saya diam! Oak oak nya masih ada. Kemudian sekali lagi, “Rrrr…” Tiba-tiba Alfi berbisik setengah teriak, “Gham! Gham!! Ada Macan!!!” Sedangkan muka Khemal sudah pucat pasi. JULI-aGUSTUS 2011

I b a c K p a Ck i n

22


Foto: Erlangga Mahardika

Foto: Erlangga Mahardika

CATPER

Saya dan Akbar kaget. Lalu tanpa instruksi kami mundur pelan-pelan. Saya bilang ke teman-teman untuk tidak lari. Suara “rrr” itu masih terus mengiringi. Sudah semakin jauh kami mundur, lama-lama suara oak dan ‘Rrrr’ itu akhirnya menghilang. Kami terus mundur sampai kembali ke pantai tempat kami turun dari kapal. Disini kami bertemu tiga orang yang membawa celurit. Kami cukup tenang melihat ada yang megang senjata, karena kami tidak bawa apa-apa selain kamera dan tripod. Alfi dan Khemal cerita tentang macan yang mereka lihat, saya ingat salah 23

b a c k p a Ck i n I

JULI-AGUSTUS 2011

satu bapak jawab begini, “oh ada macan? Dimana? Gapapa, disini emang rumahnya, paling itu mau cari makan.” Datar banget ngomongnya! Bapak-bapak ini memang penduduk lokal Sendang Biru yang mau cari kayu bakar. Mereka tidak pernah lihat macan, tapi mereka tahu kalau di Sempu memang banyak macan. Kami kembali masuk ditemani bapak-bapak itu. Kemudian belum sampai Segara Anakan, mereka pamit memisahkan diri dari kami. Mereka keluar jalur, belok ke kiri, entah kemana, kami ditinggal begitu saja. Kami sudah cukup tenang. Perjalanan pun kami lanjutkan.

Foto: Ghamal-Khemal-Alfi-Akbar

Foto: Ghamal-Khemal-Alfi-Akbar


JULI-aGUSTUS 2011

I b a c K p a Ck i n


Foto: Rahmanul Alianta

CATPER

25

b a c k p a Ck i n I

JULI-AGUSTUS 2011


Foto: Ghamal-Khemal-Alfi-Akbar

Kami terus maju kedepan sampai akhirnya kami melihat semacam danau, jauh di depan. Langkah kami percepat hingga menyentuh pasir putih. Ah, ini dia Segara Anakan! Puas main-main, foto-foto, lompatlompat, selanjutnya kami naik ke karang dan berjumpa dengan Samudra Hindia. Waaaaww.. Keren! Kami senang banget! Sampai juga kami kesini setelah banyak peristiwa yang kami alami. Fuhh.. Beberapa puluh menit kami memuaskan diri disana. Lalu mengingat kami janjian dengan nelayan untuk kembali, maka bergegaslah kami kembali ke bibir pantai Sempu. Alhamdulillah tidak ada apaapa disepanjang perjalanan pulang kami.

Sampai kembali ke bibir pulau, tak lama kemudian kapal nelayan yang mengantar kami datang, kembalilah kami ke Sendang Biru. Bertemu lagi dengan polisi hutan dan kami ceritakan pengalaman kami, termasuk pertemuan kami dengan macan. Dikira akan heboh, ternyata mereka hanya tertawa-tawa mendengar cerita kami. Padahal waktu itu serasa mau mati rasanya! Huff.. Saya ingat satu kutipan yang bisa menggambarkan pengalaman tak terlupakan ini : It’s not about the destination, it’s about the journey! Bukan Sempunya yang luar biasa, namun perjalanan kami menuju dan selama disana, itulah yang luar biasa!

JULI-aGUSTUS 2011

I b a c K p a Ck i n

26


GALERI

DEBURAN SAMUDERA FOTO : RAHMANUL ALIANTA

Kirimkan foto koleksi kamu ke redaksi Backpackin Magazine melalui email kami redaksiezinebi@yahoo.com 27

b a c k p a Ck i n I

JULI-AGUSTUS 2011


SUNRISE

FOTO : MOHAMAD “EBIET” HABIBIE

MENIKMATI KARANG BOLONG

FOTO : GALIH PERMADI

JULI-aGUSTUS 2011

I b a c K p a Ck i n

28


BULOK

M E N G U N G K AP NI L AI K E H I D U PA n d i d a l a mN Y A Indonesia tidak hanya kaya dengan keindahan alam dan beragam bahasa daerah. Namun juga memiliki banyak sekali tarian daerah. Bahkan, tarian di Indonesia memiliki unsur yang berbeda di tiap daerahnya.

Oleh : Ilma Dityaningrum | Foto: Berbagai Sumber

29

b a c k p a Ck i n I

JULI-AGUSTUS 2011


JULI-aGUSTUS 2011

I b a c K p a Ck i n

30


BULOK TIDAK HANYA SOAL gerakan dan keluwesan saja, namun tarian-tarian daerah di Indonesia juga bercerita banyak mengenai nilai-nilai kehidupan. Dengan landasan budaya agraris, sejak lama suku-suku bangsa di seluruh tanah air melakukan olah cipta tari, seperti juga seni-seni lainnya, secara komunal, baik untuk keperluan hiburan, upacara ritual, ataupun kegiatan sosio-kultural. Dalam tata kehidupan seperti itu, rasa dan semangat kebersamaan menjadi titik pusat dari sebuah nilai tarian. Pesta-pesta yang melibatkan tari sesungguhnya banyak terdapat di sekitar kita, dan di seluruh dunia serta dalam berbagai peristiwa –baik yang bernuansa tradisi maupun yang baru. Seperti pada adat Minangkabau, umpamanya alek nagari (pesta desa), penobatan penghulu, pernikahan dan lainlain, selalu menyertakan tari. Atau di wilayah budaya Batak, Sumatera Utara, hampir

31

b a c k p a Ck i n I

JULI-AGUSTUS 2011


semua peristiwa adat menyertakan tari (istilah umumnya, tortor). Bahkan, di daerah Sulawesi Tenggara contohnya, di desa Kalesusu, Buton, tarian hadir pada hampir di semua aktivitas kehidupan, mulai dari dalam kandungan hingga meninggal dunia, sehingga sebagian orang luar menamai mereka sebagai suku penari. Di Bali, jelas sekali tari bukan hanya hadir dalam segala peristiwa, melainkan menjadi bagian dari totalitas kehidupan. Demikian juga di banyak wilayah lainnya, seperti di Sumba, Timor, Sulawesi, Kalimantan, Papua, Jawa, dan lain-lain, tarian banyak hadir dalam peristiwa kemasyarakatan, bukan hanya sebagai tontonan pangung.

Tari juga merupakan perwujudan ekspresi budaya karena perwujudannya melibatkan partisipasi banyak orang. Karena itu pula, dalam setiap tarian akan tercermin nilai-nilai budaya, yang dimiliki oleh masyarakat dari mana tarian itu berasal. Tarian dapat dikatakan sebagai perwujudan ekspresi kultural, termasuk keberagaman etnisitas yang ada di dalam lingkup sosialnya. Contohnya seperti Tortor Batak Toba di Silaen, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, pada suatu upacara ‘Parmalim’ menunjukkan bahwa menari sebagai ekspresi personal, kultural dan keagamaan. Fungsi tarian terlebih suatu tarian komunal (tarian kelompok) pada umumnya untuk keperluan JULI-aGUSTUS 2011

I b a c K p a Ck i n

32


BULOK spiritual, sosial ,dan kultural dari masyarakat setempat. Tidak hanya upacara, namun juga sebagai hiburan. Mungkin hal ini terjadi karena ada pergeseran fungsi tari. Di Jawa misalnya, dalam tayuban umumnya ronggeng (penari perempuan) menjadi target hiburan bagi kaum laki-laki. Tarian sejenis tayuban Jawa itujuga terdapat di berbagai wilayah, di Bali disebut Joged bumbung; orang Bugis memiliki tari-tarian sejenis yang disebut pojoge (ditarikan oleh perempuan) dan pojoge angkong (ditarikan oleh waria atau banci); masyarakat Melayu memiliki ronggeng Melayu, sedang Betawi memiliki tradisi cokek, dan sebagainya. Di Indonesia, hingga saat ini masih terasa adanya sesuatu yang mewarnai gaya hidup sebagian besar dari warganya. Keberhasilan usaha pertanian pada masa panen atau keberhasilan dalam hasil laut, merupakan saat-saat yang menggembirakan. Untuk mensyukuri karunia dan untuk menunjukkan rasa suka cita, banyak masyarakat yang mengadakan pertunjukkan tarian, atau jenisjenis kesenian lainnya. Pada peristiwa ini, seseorang atau sekelompok masyarakat melakukan komunikasi, baik antara sesama manusia maupun

PERWUJUDAN DARI UNGKAPAN RASA TERIMAKASIH ATAS SEGALA LIMPAHAN NIKMAT YANG TELAH DIBERIKAN OLEH MAHA PENCIPTA.

33

b a c k p a Ck i n I

JULI-AGUSTUS 2011


dengan para leluhur dan Tuhan. Tarian-tarian dengan segala ritualnya ini merupakan perwujudan dari ungkapan rasa terimakasih atas segala limpahan nikmat yang telah diberikan oleh Maha Pencipta. Maka, tarian bukan hanya sebuah hiburan semata namun juga memiliki nilai kehidupan yang arif. Semoga kita sebagai bangsa Indonesia dapat terus melestarikan tarian-tarian daerah, bukan hanya sebagai buah dari seni namun juga bagian dari kearifan lokal yang perlu dipelajari demi kehidupan yang lebih baik. Salam budaya!

JULI-aGUSTUS 2011

I b a c K p a Ck i n

34


KOMUNITAS

Odong-Odong Traveller

PERJALANAN SERU TIDAK HARUS MAHAL Namanya odong-odong traveller (oot). Ya, mainan anak-anak itu, secara tidak sengaja dinobatkan sebagai nama komunitas ini. Oleh : Ambar Arum | Foto: OOT doc.

35

b a c k p a Ck i n I

JULI-AGUSTUS 2011


JULI-aGUSTUS 2011

I b a c K p a Ck i n


KOMUNITAS

LATHIFUL AMRI, KEPALA suku atau pu’un komunitas ini mendongengkan asalusul OOT : “Waktu itu sehabis dari Baduy, sambil nongkrong kita ngomongin tentang ide bikin komunitas jalan-jalan, eh ujug-ujug ada odong-odong nongol, salah satu dari kami nyeletuk, ‘namanya odong-odong aja! Kayak lu pada, odong semua, hahaha’” Celetukan itu menjadi serius, karena setelah dilihat, diraba, dan ditrawang, ternyata odong-odong memiliki nilai dan karakter yang sama dengan komunitas ini. Maka, tanggal 11 Juni 2010, komunitas OdongOdong Traveller hadir. Seperti kelompok backpacker umumnya, tiap kali trip selalu diberlakukan hukum sharing cost, sharing fun, sharing pain. Pokoknya semua ditanggung bersama. Itulah, setiap trip selalu berkesan, walaupun tidak semua trip dapat dikatakan berhasil. 37

b a c k p a Ck i n I

JULI-AGUSTUS 2011

SETIAP KALI TRIP SELALU DIBERLAKUKAN HUKUM SHARING COST, SHARING FUN, SHARING PAIN


Tidak heran, melakukan perjalanan dengan mereka selalu bikin nagih. Setiap kali dibuka trip, selalu ramai peminatnya. Namun tetap ada batasan kuota. “Kalau terlalu ramai jadinya repot, nanti malah nggak enjoy jalanjalannya,� ujar Amri lagi. Siapa aja boleh gabung, asal mau berbaur dan berbagi suka-duka bersama. Sampai detik ini anggotanya di grup facebook sudah mencapai 600 dan yang cukup aktif mencapai 120. Persebarannya pun luas, ada yang di Jawa Timur, Kalimantan, bahkan Lombok.

FILOSOFI

OOT pernah melakukan perjalanan ke Pulau Sempu, itinerary jauh dari kenyataan. Perjalanan ngaret total, sampai Sendang Biru terlalu malam, medan menuju Pulau Sempu sedang licin-licinnya sehingga ada yang cedera, rencana menyambangi sudut-sudut lain di Sempu pun tidak dapat terlaksana. Juga pernah gagal menggapai puncak Gunung Slamet dikarenakan badai. Namun dibalik kegagalan-kegagalan itu, mereka justru jadi makin kompak, makin kenal satu sama lain dan belajar menghadapi situasi sulit yang bisa terjadi kapan saja.

1. Permainan yang paling dinantikan anak kecil. 2. Murah meriah (1000 untuk 2 lagu) dan sangat terjangkau oleh orang tua. 3. Abang odong-odong dengan senyum ikhlasnya. mengayuh pedal demi melihat senyum- senyum anak kecil yang kegirangan. 4. Membuat addicted, setiap anak kecil yang naik odong- odong pasti gak mau turun dan ketagihan. Filosofi dasar diatas diterapkan juga dalam traveling, yaitu untuk membuat perjalanan yang seru tidak harus mahal, cukup dengan sharing cost bersama, melangkah bersama, bahagia bersama. Traveling bersama OOTers (odong- odong travelers) selalu dinantikan dan setiap pulang ngetrip selalu membuat ketagihan.

JM U LAI R- a ET G -UaSpril TUS 2011

I b a c K p a Ck i n

38


PROFIL

Dina duaransel.com

INDONESIA, CANTIK LUAR BIASA PASANGAN YANG HIDUP NOMADEN keliling dunia ini, sejak pertengahan Juli 2011 kemarin ada di Indonesia dan mengadakan pertemuan di Jakarta, Bandung dan Jogja. Adhadi Praja menyempatkan diri untuk wawancara sejenak dengan Mba Dina.

Oleh : Adhadi Praja | Foto: duaransel.com doc.

Jadi nomad kayak gini, idenya darimana sih? Awalnya kami backpacking setahun tapi rencananya nggak sambil kerja, tapi sekarang ternyata kami traveling-nya sambil kerja. Jadi dari segi keuangan kamiaman, nggak harus stop, keterusan deh. Sekarang sudah dua tahun masih sanggup mendanai. Terus kamimikir, kenapa nggak jadi nomad sekalian aja. Selama tinggal nomaden gitu, kesulitan apa sih yang paling sering dialami? Internet mungkin ya. Nggak semua tempat jaringan internetnya bagus. Kami butuh internet banget. Ryan kan harus aktif kerja. Kalau internet nggak ada, Ryan nggak bisa kerja. Kalau masalah lain kayaknya nggak ada yang benar-benar menghalangi.

39

b a c k p a Ck i n I

J UaL ret M I-AG - April U S T U S 2 2001 1 1


Karena nggak ada rumah, mau gak mau ransel pasti jadi andalan, ya.. Ransel kalian kayak gimana sih? Terus, barang-barang apa aja yang bagi kalian wajib ada di ransel? Ransel kami sekarang ini ukurannya 60 liter. Nggak terlalu berat, tapi cukup besar untuk menampung segala macam kebutuhan kamiselama dua tahun ini. Kamiberan-

AWALNYA KAMI BACKPACKING SETAHUN TAPI RENCANANYA NGGAK SAMBIL KERJA, TAPI SEKARANG TERNYATA KAMI TRAVELING-NYA SAMBIL KERJA.

JULI-aGUSTUS 2011

I b a c K p a Ck i n

40


PROFIL

41

b a c k p a Ck i n I

JULI-AGUSTUS 2011


gan-angan untuk menurunkan volume ransel ini. Kami wajib bawa laptop, pakaian gak usah banyak-banyak, dan dokumen-dokumen penting. Gimana pendapat Mba Dina tentang potensi pariwisata di Indonesia? Indonesia itu cantiknya luar biasa. Cuma susahnya di Indonesia itu sarana dan fasilitasnya. Misalnya kalau mau ke Raja Ampat itu lebih mahal daripada traveling ke luar negeri. Terus bagi orang asing, masuk Indonesia itu sangat ribet dengan birokrasinya. Kalau negara Southeast Asia lain, kata mereka lebih gampang, ke Thailand atau Malaysia misalnya. Jadi perlu diperbaiki sarana transportasi dan fasilitasnya.

“INDONESIA ITU CANTIKNYA

LUAR BIASA. CUMA SUSAHNYA DI INDONESIA ITU SARANA DAN FASILITASNYA. -Dina duaransel.com-

Apa sih pandangan teman-teman Mba Dina yang bule tentang Indonesia? Bagi mereka Indonesia itu cantik, eksotik, tropik, mistik. Kebanyakan mereka paling tahu Bali ya. Terutama yang sukanya hura-hura. Tapi kalau backpacker yang serius, mereka sudah jelajah ke pulau-pulau kayak Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara. Saya pernah malu ketemu backpacker dari Australia yang udah keliling Indonesia. Dia lebih tahu tentang Indonesia daripada saya. Saya tahunya paling Bromo. Hahaha.. Udah ada rencana mau bikin buku ya? Wah, keren! Kira-kira kapan terbit? Semoga akhir tahun ini atau awal tahun depan. Doain yaa!

JULI-aGUSTUS 2011

I b a c K p a Ck i n

42


RESENSI

Mengintip Keindahan Indonesia k i s a h me n j el a j a h i

te n t a n g a n a k n egerI eks o t i sme I n d o n es i a

Buku ini berkisah tentang anak negeri pemenang program Aku Cinta Indonesia yang diselenggarakan detik.com. Mereka berkeliling menjelajahi eksotisme Indonesia mulai dari kepulauan, gunung, budaya, dan sejarahnya.

Oleh : Ayu N Surya | Foto: ACI.doc

43

b a c k p a Ck i n I

JULI-AGUSTUS 2011


Judul Buku Aku Cinta Indonesia : Jelajah Eksotisme Negeri Penerbit B First Penyusun Tim detik.com

MUNGKIN LEONARDO DICAPRIO tercengang saat melihat pantai Koh Phangan di Thailand, tp Indonesia memiliki Pulau Bereuh yang memiliki keindahan alam yang lebih dahsyat hingga membuat bulu kuduk merinding, dan juga memiliki danau air tawar tertinggi di Asia Tenggara. Indonesia memiliki spot diving terbaik didunia dengan beraneka ragam terumbu karang dan biota lautnya, serta bawah lautnya yang memiliki sistem cave dive, dan wall dive. Indonesia memiliki Danau Pulau Kakaban yang menjadi keajaiban perairan dunia karena memiliki spesies ubur-ubur tdk beracun. Bukan hanya kepulauan, Indonesia pun dikelilingi dengan gunung-gunung berapi, bahkan salah satunya pernah meletus dan menjadi bencana alam terdahsyat di dunia, memiliki gunung terindah se-Asia Tenggara. Dan perang dunia ke-2 pun pernah menyisakan sejarahnya yg menyatu dgn keindahan alamnya di bibir pasifik. Ahh, mungkin Tuhan sedang bersenang hati saat menciptakan Indonesia, menciptakan secuil surga dibumi. Namun semua itu masih sulit dijangkau, kurangnya sarana dan transportasi, dan mulai terancam dengan pencemaran laut, reboisasi hutan.

BUKU INI BERKISAH TENTANG ANAK NEGERI PEMENANG PROGRAM AKU CINTA INDONESIA YANG DISELENGGARAKAN DETIK.COM. MEREKA BERKELILING MENJELAJAHI EKSOTISME INDONESIA MULAI DARI KEPULAUAN, GUNUNG, BUDAYA, DAN SEJARAHNYA.

JULI-aGUSTUS 2011

I b a c K p a Ck i n

44


TIPS

Merawat Kamera Underwater T i p s D A R I erl a n gg a m a h a rd i k a

45

b a c k p a Ck i n I

JULI-AGUSTUS 2011


PROSES PEMBERSIHAN A. Proses Awal 1. Selesai aktivitas, langsung siram kamera dengan air keran mengalir deras. Arahkan di bagian lensa dan bagian-bagian di sela tombol atau lubang tombol (5 menit), untuk membersihkan pasir-pasir yang terjebak 2. Rendam minimal setengah jam dalam baskom berisi air (lebih lama lebih baik) 3. Angkat dan keringkan, lalu angin-angin kan, jangan kena matahari langsung. Dan diamkan setengah jam (hingga kering). CARA PERAWATAN CHASING A. Penyimpanan 1. Taruh di tempat kering (jangan lembab) 2. Masukkan silica gel ke dalamnya 3. Bungkus dengan soft case agar LCD tidak tergores

B. Proses Akhir 1. Gunakan blower untuk membersihkan sela-sela , sudut-sudut , bagian-bagian yang berlubang, lensa , lubang-lubang tombol 2. Buka bagian batere dan usb , lalu bersihkan bagian karetnya (bagian dinding-dinding karetnya) dengan cutton bud kering. Kalau tidak dibersihkan nanti bisa tercipta embun dan berlumut atau karat 3. Lakukan hal yang sama pada tulosan , sela-sela , sudut-sudut , dengan cutton bud basah kemudian dengan cutton but kering. Lalu di-lap dengan kain lap untuk lensa disemua bagian

B. Pada saat Pemakaian 1. Sebelum dan sesudah pemakaian pakailah oil lubricants. 2. Sebelum Pemakaian, untuk mencegah bagian lensa berembun gunakan cairan anti-fog 3. Setelah Pemakaian , - Selesai aktivitas, siram casing nya dengan air keran yang mengalir deras. Arahkan di bagian lensa dan sela tombol atau lubang tombol (5 menit), untuk bersihkan pasir yang terjebak. - Rendam minimal setengah jam di dalam baskom berisi air keran (lebih lama lebih baik) - Angkat dan keringkan, lalu angin-angin kan. Jangan kena matahari langsung. Diamkan setengah jam (hingga kering)

JULI-aGUSTUS 2011

I b a c K p a Ck i n

46


FACEBOOK.TWITTER.ISSUU

b a c k p a Ck i n I

JULI-AGUSTUS 2011


j o i n

w i th

U S

:

w w w. i s s u u . c o m / b a c k p a c k i n m a g a z i n e

BACKPACKIN MAGZ BACKPACKIN ’ E - MAGAZINE

@ BACKPACKIN _ MAGZ

FACEBOOK.TWITTER.ISSUU JULI-aGUSTUS 2011

I b a c K p a Ck i n


AKSESORIS

PERALATAN SNORKELING Oleh

:

E R L AN G G A

M A H A R D I K A

PIPA SNORKEL PERAWATAN : 1. PENYIMPANAN (a) simpan di tempat yang kering [ jangan lembab ] (b) lebih baik gunakan soft case 2. PEMAKAIAN Ada 2 bagian yang rentan rusak yaitu mouth piece & purge valve. (a) Mouth piece Bisa diganti (dicopot) sehingga mudah terkoyak apalagi bagi orang yang mudah panik. Kalau sudah terkoyak, air mudah masuk ke mulut.

(b) Purge valves (katup udara) pintu keluar masuknya air dari bagain bawah. Bila kemasukan pasir atau tergores benda tajam dapat menyebabkan kebocoran.

PIPA SNORKEL TEKNOLOGI “DRY PIPE� / PIPA KERING Kenapa disebut dry pipe ? (a) Karena air tidak dapat masuk pada saat kamu dive ke bawah (teknik duck dive) (b) Karena ada bandul pemberat yang otomatis menutup lubang udara

49

b a c k p a Ck i n I

JULI-AGUSTUS 2011


3. PERAWATAN (a) Bagian atas pipa snorkel jangan sampai kena benturan 4. REKOMENDASI MEREK (a) Oceanic (b) Harga -/ Rp. 500.000,-

MASKER / GOGLE 1. PENYIMPANAN (a) Simpan di tempat kering 2. PEMAKAIAN (a) Pastikan tidak ada rambut terselip. (b) Pastikan hidung anda tidak terjepit masker, agar mampu melakukan kegiatan pembersihan masker atau mask clearing

TIPS PILIH MASKER Cari masker sesuai bentuk muka dengan cara menempelkan masker ke muka (cukup menempel sekedarnya saja) tanpa mengikatkannya di kepala. Lalu tahan nafas dalam-dalam , semakin masker tersebut tidak jatuh maka masker tersebut pas dengan bentuk muka dan cocok untuk anda.

(c) Pastikan tali masker tidak menjepit telinga, dan tidak terlipat di bagian rambut. Idealnya diatas telinga dan bagian belakang tali carilah yang jenisnya ada bantalan empuk agar licin dan empuk di rambut (d) Sebelum pemakaian pakailah cairan antifog pada bagian kacanya atau bisa pake odol dioleskan sedikit lalu dibilas (biar kinclong) SETELAH PEMAKAIAN : Baik itu masker, pipa udara, dan fins (a) siram dengan air keran mengalir. (b) rendam dalam ember setengah jam (c) keringkan, angin-angin kan (d) Khusus masker keringkan menggunakan lab bersih semacam kanebon. JULI-aGUSTUS 2011

I b a c K p a Ck i n

50


PENGANAN

Cireng Sambel Kacang Cipaganti D A R I

c er i t a

A D h a d i

p r a j a

CIRENG ATAU ACI DIGORENG, makanan ini mungkin sudah tidak asing lagi untuk sebagian orang khususnya orang Bandung. Berjalan menyusurusi jalan Cipaganti, kita akan menemukan sebuah gerobak penjual cireng isi yang cukup legendaris, Cireng Cipaganti namanya

51

b a c k p a Ck i n I

JULI-AGUSTUS 2011


Tepatnya ada di Jalan Cemara (di depan pom bensin Cipaganti), cireng ini menurut saya adalah salah satu cireng paling enak yang pernah saya cicipi dan highly recommended! Cireng ini sudah cukup dikenal dikalangan masyarakat kota Bandung karena cireng ini menjadi pioneer bagi perkembangan cireng isi di kota Bandung. Cireng Cipaganti terkenal dengan cireng isi sambel kacangnya. Paduan renyahnya cireng dan sambel kacangnya membuat cireng ini tidak cukup dinikmati satu saja. Tekstur cirengnya agak keras namun renyah sehingga sensasi kriuk-kriuk-nya seperti sedang menikmati kerupuk aci. Cireng Cipaganti memiliki tingkat kerenyahan paling tinggi dibandingkan dengan cireng lain yang umumnya lebih alot. Selain renyah, yang membuat cireng ini digandrungi banyak orang adalah sambel

SAMBEL KACANG INI MERUPAKAN KACANG TANAH YANG DIHALUSKAN DAN KEMUDIAN DITAMBAHI BUMBU RAHASIA YANG MEMBUAT SAMBEL KACANG INI NENDANG BANGET!! kacang sebagai isiannya. Sambel kacang ini merupakan kacang tanah yang dihaluskan dan kemudian ditambahi bumbu rahasia yang membuat sambel kacang ini nendang banget!!. Ini merupakan cireng khas dari Cipaganti. Awalnya adalah cireng mentah digoreng hingga kering, kemudian ditiriskan lalu dibelah dan diisi sambel kacang. Menikmati cireng ini selagi hangat akan membuat lidah ketagihan. Hanya dengan 1000 rupiah kita bisa menikmati satu buah cireng ini.

JULI-aGUSTUS 2011

I b a c K p a Ck i n

52


KONTRIBUTOR

1.

2.

3.

4.

1.ADHADI PRAJA pemuda Garut ini sesajennya kuat, bisa lolos seleksi ACI 2010 dan jungkir balik keliling Palu gratis. 2.AYU N SURYA biar hitam, gadis yang juga kurus ini selalu bangga “Kulit gue kayak Indonesia, eksotis,” ujarnya. 3.ERLANGGA MAHARDIKA bicara tentang snorkeling, diving, pantai, paling nggak bisa lepas dari bocah tengil yang satu ini. 4.ILMA DITYANINGRUM pendiri komunitas Backpacker Indonesia yang sedang mengasing ke Pare ini kerap berbinar ketika bicara budaya Indonesia. 5.IKA

SOEWADJI lebih suka main bareng anak gimbal di Dieng, atau bikin api unggun di gunung. 6.MOHAMAD “EBIET” HABIBI cowok yang satu ini udah pernah ke Sempu, foto-fotonya pun nempel di edisi kali ini. 7.GHAMAL-KHEMAL-ALFI-AKBAR adalah empat sekawan dari SD yang sudah solmet banget. 8.RAHMANUL ALIANTA suka dan hobi banget motret, temen-temennya nyebut dia “nona lincah”.

5. 53

b a c k p a Ck i n I

JULI-AGUSTUS 2011

6.

7.

8.


VISIT OUR SITE .COM

WWW. BACKPACKINMAGAZINE .COM FIND THE BEAUTY OF INDONESIA “THE LOST ATLANTIS” ON OUR SITE JULI-aGUSTUS 2011

I b a c K p a Ck i n


DON’T BE SHY

PUT YOUR ADS HERE

b a c k p a Ck i n I

JULI-AGUSTUS 2011


INTERAKSI

D i k e r j a i n, Kena Deh!!

Pe n g a l a m a n d i ker j a i n tem a n se p er j a l a n a n ANDIN RAHAYU. SURABAYA. Selesai liburan dari Jogja, aku bareng dua orang harus balik ke Surabaya. Temenku ngajak naik kereta bisnis. Awalnya ogah, masa naik kereta mahal. Tapi temenku yang satu itu anaknya pegawai KA, dia kemana-mana gratis. Dia bilang kita juga bisa naik kereta bisnis gratis, dia kenal sama orang-orangnya. Hm, kapan lagi bisa naik kereta bagus gratis. Tapi ternyata itu gak mempan. kita diturunin di Solo dan melanjutkan perjalanan dengan kereta ekonomi ke Surabaya. Huh.

SUCI RIFANI. JAKARTA. Waktu trip KIT ke Sawarna gue bawa handycam dan jadi kameramen selama trip. Pas mau pulang, skenario yang dibikin itu : setelah closing, ceritanya temen-temen gue akan berlari menyusuri jembatan. Nah pas action, mereka lari dengan cepat trus ampe ke parkiran dan gak balik-balik ninggalin gw sendirian dengan kamera yang terus merekam dan barang bawaan gue. Butuh beberapa menit untuk menyadari bahwa mereka bertiga emang ninggalin gue. Damn!

JULI-aGUSTUS 2011

I b a c K p a Ck i n

56


EDISI DEPAN

Jangan Lewatkan Ulasan di

Dieng Backpackin’ Magazine Edisi 10

57

b a c k p a Ck i n I

JULI-AGUSTUS 2011


Foto : Komplek Candi Arjuna, Dieng JULI-aGUSTUS 2011

I b a c K p a Ck i n

58


Bangsa yang Besar Adalah Bangsa yang Menghargai Budayanya Sendiri

b a c k p a Ck i n I

JULI-AGUSTUS 2011

Backpackin Magazine Edisi 9  

Edisi kali ini tentang Pulau Sempu

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you