Issuu on Google+

SELASA, 19 JULI 2011

32 HALAMAN/Rp3.000,-

LF 2011

18 Hari Tembus Rp18,3 Miliar LUAR biasa! Hanya dalam 18 hari, Lampung Fair (LF) 2011 telah meraih omzet senilai Rp18,3 miliar. Tidak hanya itu, dalam waktu dua pekan, LF tahun ini menyedot 276 ribu lebih pengunjung. Dalam laporannya, Ir. Anshori Djausal selaku wakil panitia pelaksana menuturkan bahwa raihan omzet LF tahun ini melonjak sekitar 40 persen jika dibandingkan perolehan tahun 2010 lalu. ’’Khusus untuk lelang, selama acara LF berlangsung, nilainya mencapai Rp8,6 miliar,’’ ungkap Anshori saat membacakan laporan. Pada kesempatan itu, ia berharap momen ini menjadi motivasi tersendiri untuk tiga daerah otonomi baru (DOB), baik Mesuji, Tulangbawang Barat, maupun Pringsewu. ’’Mudah-mudahan pada even tahun 2012, ketiga DOB ini telah memiliki anjungan permanen seperti yang lainnya,’’ harap dia. Sementara, Wakil Gubernur Lampung M.S. Joko Umar Said mengatakan bahwa dengan berakhirnya LF tadi malam, bukan berarti berakhir pula pembangunan di Lampung. Baca 18 HARI Hal. 9 FOTO FAJAR ADITYA

Pemenang Lampung Fair 2011 Kategori Anjungan Pemkab/Pemkot Terbaik 1. Tulangbawang 2. Lampung Selatan 3. Pesawaran Kategori Stan Dinas/Instansi Terbaik 1. Dirjen Pajak Bengkulu Provinsi Lampung 2. Dinas Kesehatan Provinsi Lampung 3. Bappeda Provinsi Lampung Stan Perusahaan BUMN/Bank Terbaik 1. PT Bank Lampung 2. PTPN VII 3. PT Telkom

Bersambung ke Hal. 9

HONOR FIKTIF

Lagi, 2 Pejabat Lamsel Ditahan

TERUS TINGKATKAN: Wakil Gubernur Lampung M.S. Joko Umar Said mengatakan berakhirnya Lampung Fair bukan berarti berakhirnya pembangunan di Lampung.

Gubernur Siap Setop CPNS Pemprov Lampung Hanya Kurang Pegawai Spesialis BANDARLAMPUNG – Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. setuju wacana penyetopan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Apabila memang ada kebijakan dari pemerintah pusat untuk memoratorium (menghentikan sementara) penerimaan PNS, maka kebijakan tersebut pasti akan diikuti Pemprov Lampung.

’’Saya setuju, tetapi dalam arti untuk penataan (kekurangan dan kelebihan),’’ kata Oedin –sapaan akrabnya– di Mahan Agung kemarin (18/7). Artinya, Pemprov Lampung perlu menginventarisasi ulang kebutuhan riil PNS, terutama untuk tenaga spesialis. Sebab, pemprov masih sangat membutuhkan tenaga-tenaga di bidang khusus, seperti di pertanian dan kehutanan. ’’Ada beberapa yang sudah cukup, tetapi ada yang sangat kurang. Itu seperti di bidang kehutanan dan perikanan. Lalu bidang akuntan,’’

sebut Oedin. Untuk di bidang akuntan, imbuh dia, diperlukan buat membantu bidang keuangan. Oedin sepakat, sisi baik dari pembatasan PNS adalah akan meringankan anggaran. ’’Tentu akan meringankan. Jadi APBD bisa digunakan untuk yang lain. Sekarang ini masih ada yang terserap untuk tenaga honorer juga,’’ kata mantan deputi operasional Mabes Polri itu. Lalu, apakah jika penerimaan PNS disetop akan mengganggu kinerja Pemprov Lampung? ’’Ya nggak mengganggu. Kan kita sudah cukup

KEJAKSAAN Negeri (Kejari) Kalianda, Lampung Selatan, terus menunjukkan komitmennya memberantas tindak pidana korupsi (tipikor). Belum lama ini, korps Adhyaksa tersebut menahan mantan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Ir. Destiara Ismail serta Kepala Bidang Pendidikan Non Formal (Kabid PNF) Dinas Pendidikan Lamsel Irfan Sakura.

saat harmonisasi gending Jawa pembuka konser mengalun. Penonton mulai bersorak sekitar pukul 21.30 WIB ketika Iwan Fals mengalunkan lagu pertamanya berjudul Sore Tugu Pancoran. Penonton pun histeris hingga alunan lagu selesai. Setiap lagu yang dilantunkan Iwan Fals, Al-Zastrouw menyelinginya dengan siraman rohani.

TERBANGGIBESAR  Negara penghasil fosfat terbesar di dunia, Maroko, ’’kesengsem’’ dengan produk nanas kaleng dari Lampung. Utamanya, produk PT Great Giant Pineapple (GGP). Ini terungkap dalam kunjungan Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Maroko (Rabat) Tosari Widjaya ke Terbanggibesar, Lampung Tengah, kemarin. Tosari didampingi Prof. Mariam Ait Ahmed (dosen pada Universitas Ibnu Tufail Maroko). Selama melihat proses pengemasan, rombongan didampingi Manager Marketing PT GGP Bagian Eropa dan Asia Tengah Yosep Saputra, Manager Mahfud Santoso, serta Ass. Manager Quality Assurance Zul Fahmi. Di guest house PT GGP, Tosari mengatakan, Maroko membutuhkan suplai nanas kaleng yang cukup besar. Sehingga, PT GGP memiliki peluang untuk memasarkannya ke negara tersebut. ’’Mudah-mudahan dari pertemuan awal ini bisa berlanjut dan membawa manfaat untuk kedua negara dalam bidang perdagangan,’’ ujarnya. Maroko merupakan salah satu negara kaya di Benua Afrika dengan jumlah penduduk sekitar 35 juta jiwa. Banyak produk dari luar negeri yang masuk negara itu. Salah satunya nanas kaleng. Tetapi, kapasitasnya masih sangat kecil.

Baca BIUS Hal. 9

Baca NANAS Hal. 9

MOBIL TERBANG

Segera Pasarkan Terrafugia

Baca SEGERA Hal. 9

FOTO REUTERS

MOBIL TERBANG: Terrafugia Transition, hasil rancangan para ahli penerbangan Inggris, adalah pesawat dengan dua tempat duduk.

INFO HAJI

Metro Masih Proses Paspor TAHUN ini, sekitar 450 calon jamaah haji (CJH) mendaftar ke Kementerian Agama Kota Metro. Meski bakal bertambah, Kemenag menegaskan tetap membatasi pemberangkatan CJH pada Oktober mendatang. Menurut Kasi Urais dan Penyelenggara Haji Kemenag Metro Drs. Syahro, CJH yang sudah mendaftarkan diri tinggal menunggu penyelesaian dalam pelunasan administrasi. Baca METRO Hal. 9

Baca GUBERNUR Hal. 9

Nanas Lampung Diminati Maroko

Baca LAGI Hal. 9

PERNAH mengemudi pesawat layaknya menyetir mobil? Konsep ini telah lama bergaung di benak banyak orang awam, namun tak kunjung terwujud. Tetapi, para ahli penerbangan selama lima tahun ini telah membuat sebuah mobil terbang yang bisa digunakan secara umum di Inggris.

sebenarnya,’’ tukas Oedin. Tahun ini, Pemprov Lampung termasuk daerah yang masih mengirimkan usulan formasi CPNSD. Usulan tersebut telah dikirim oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lampung pada April lalu. Menurut Sekretaris BKD Lampung Sumiarti Somad, usulan pemprov sebanyak 904 formasi. Rinciannya tenaga kesehatan 232, tenaga teknis 638, dan guru SLB 44. ’’Itu didasarkan usulan dari setiap satuan kerja,’’ ujarnya.

FOTO WAHYU SYAIFULLAH

KONSER RELIGI: Iwan Fals tampil di GOR Saburai tadi malam. Ia mengajak semua umat bersatu untuk negeri.

Bius Religius dari The Legend BANDARLAMPUNG – Iwan Fals tak pernah habis. Konser yang dihelat selalu menyedot perhatian. Tidak terkecuali saat tampil di pelataran parkir GOR Saburai, Bandarlampung, tadi malam. Penampilan sang legenda kali ini memang berbeda. Mengundang ribuan santri dari berbagai pondok pesantren (ponpes) di Lampung, Iwan Fals lebih religius. Ya, Iwan sengaja memberi bukti bahwa pesantren bukan sarang teroris seperti yang terpatri selama ini.

General Manager Ki Ageng Ganjur, AlZastrouw, mengatakan bahwa massa fanatik Iwan Fals tidak hanya daang dari kalangan santri. Tetapi juga berbagai elemen termasuk Orang Indonesia (OI) dan Slankers. ’’Kami akan datangi 99 ponpes yang ada di Indonesia. Di Lampung, khususnya Bandarlampung, merupakan kunjungan ke-64 Iwan Fals,’’ sebutnya. Selama konser berlangsung, pekik ’’Iwan, Iwan, Iwan’’ tak kunjung berhenti. Terlebih,

Melihat Warga Binaan Berprestasi yang Dilatih Pramuka di Lapas Rajabasa

Pergoki Pacar Selingkuh, lalu Dibunuh, Jadilah Puisi Singa Lapar Tidak banyak yang tahu pelatihan Pramuka juga menjadi agenda rutin di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Rajabasa, Bandarlampung. Mereka yang ikut adalah warga binaan yang masih berusia pelajar. Seperti apa kegiatannya?

kuman 18 tahun karena kasus pembunuhan ini ternyata piawai merangkai kata. Ya, lewat puisilah Abdul Rasyid menjadi satu-satunya napi yang meraih prestasi membanggakan untuk tingkat lapas dan rumah tahanan (rutan) se-Lampung. Memang, tidak mudah menemui Rasyid. Bukan karena dia seorang public figure, tetapi karena statusnya sebagai warga binaan. Namun beruntung, berkat Yasir, pembina Pramuka di lapas tersebut, Radar Lampung bisa melihat pelatihan kepramukaan di sana. ’’Saya tunggu di depan Universitas Bandar Lampung (UBL). Kita berangkat bareng ke lapas,’’ kata Yasir saat janjian dengan Radar pukul 10.00 WIB kemarin. Sayang, saat menuju tempat yang dijanjikan, Yasir menghubungi wartawan koran ini untuk

DILATIH PRAMUKA Warga binaan di Lapas Rajabasa yang dilatih Pramuka.

Laporan Hayatullah, BANDARLAMPUNG ADA suasana berbeda di Lapas Rajabasa kemarin (18/7). Saat itu ada sedikitnya 15 orang mengenakan seragam Pramuka di pelataran bagian dalam lapas. Mereka adalah warga binaan yang masih berusia pelajar. Di antara mereka, ada satu narapidana yang paling menonjol. Dialah Abdul Rasyid bin Solikun, warga Langgapura Dusun 05 RT/RW 02/00, Kecamatan Selagailingga, Lampung Tengah. Siapa sangka, pemuda yang menjalani hu-

Baca PERGOKI Hal. 9 FOTO HAYATULLAH

Ingin Berlangganan, Hubungi: (0721) 782306-7410327

www.radarlampung.co.id


METROBISNIS

2

SELASA, 19 JULI 2011

Sarana Komunikasi Bisnis

Berinvestasi di Lampung Menjanjikan

FOTO EKA YULIANA

POTENSIAL: Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Fachrizal Darminto saat memaparkan potensi-potensi berinvestasi saat Lampung Investment Summit, sebagai salah satu rangkaian acara Lampung Fair 2011, di Hotel Novotel kemarin.

Bank Muamalat Belum Cocok soal Harga JAKARTA – Belum adanya kesepakatan harga yang ditawarkan oleh para investor membuat PT Bank Muamalat Tbk. menunda rencana penjualan sahamnya yang sebesar 67 persen. ’’Pemegang saham kita masih mempostpone (menunda), karena belum ada kesepakatan harga,” kata Direktur Utama Bank Muamalat Arvian Arifin di Jakarta kemarin (18/7). Ia mengungkapkan, ada beberapa investor yang telah menyatakan tertarik mengambil alih saham itu, salah satunya dari bank lokal yang juga memiliki bank syariah. Tapi, lantaran terkendala finansial, akhirnya niat itu tak bias dilanjutkan. ’’Ada investor lokal yang juga memilik bank syariah, mereka ingin memiliki Muamalat tapi untuk menambah modal di banknya sendiri saja tersendat sendat.

Bagaimana mau membeli Bank Mumalat yang jumlahnya jauh lebih besar,” ucap dia. Faktor lain yang menjadi pertimbangan calon investor itu, menurut Arvian, adanya ketentuan seperti SPP dan BMPK menjadi pertimbangan tersendiri. ’’Jadi lebih ke investasi yang besar. Karena jumlahnya di atas kemampuan mereka. Selain itu juga ada keterbatasan kebijakan single present policy, dan batas maksimum pemberian kredit (BMPK) kepada anak usaha. Sebenarnya kan mereka tertarik, untuk itu melakukan due diligence,” urai dia. Pihaknya juga belum mengetahui sampai kapan penundaan pelepasan saham dan harga yang

dinginkan tersebut. Pasalnya, semua menjadi hak penuh para pemegang saham. Dia menambahkan, pertumbuhan perseroan selama ini mencatat kinerja yang positif. Di mana dibanding posisi Juni 2010, pertumbuhannya di atas 70 persen. Aset perseroan mencapai Rp24 triliun, padahal Desember 2010 hanya sekitar Rp17 triliun. Sehingga ada kenaikan hampir 1 triliun. Sebagai diinformasikan, 3 pemegang saham utama Bank Muamalat berniat melepas kepemilikan sahamnya terkait dengan satu dan lain hal di institusinya masing-masing. Ketiga pemegang saham itu adalah Boubyan Bank Kuwait, Saudi Arabian Atwill Holdings Limited dan Islamic Development Bank

(IDB). Dari pengusaha lokal menyatakan tertarik mengakuisisi saham bank syariah tertua di Indonesia itu. Mereka di antaranya, Sandiaga Uno dan Chairul Tanjung. Sandiaga masuk melalui PT Saratoga Investama Sedaya, sedangkan Chairul Tanjung melalui Para Group. Namun, Chairul Tanjung memutuskan mundur dari persaingan. Bank Permata yang sebelumnya juga berminat juga mengurungkan niatnya. Direktur Direktorat Perbankan Syariah Bank Indonesia Mulya Siregar mengatakan, selain dua perusahaan itu, masih ada perusahaan lokal yang minat, yaitu Bank Mandiri. Sementara dari perusahaan asing tercatat ada Qatar Islamic Bank, OCBC Overseas Investment, Standard Chartered, ING Baring Bank, dan Overseas Chinese Banking CoRp

BANDARLAMPUNG - Sebagai pintu gerbang pulau Sumatera, berinvestasi di Lampung sangat menjanjikan. Mulai dari perkebunan, pertambangan, migas, potensi air, hingga pariwisata. Wajar jika banyak investor yang menanamkan modalnya di Lampung. Hal ini diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Fachrizal Darminto saat acara Lampung Investment summit, sebagai salah satu rangkaian acara Lampung Fair 2011, kemarin (18/7) di Hotel Novotel. Dia mengatakan, untuk perkebunan Lampung memiliki 7 komoditas unggulan. Yakni kepala sawit, kopi robusta, kelapa dalam, tebu, karet, lada, dan kakao. Dipaparkan, Lampung memiliki luas perkebunan 802.980 hektare dengan produksi mencapai 1.531.289 ton. Lalu provinsi ini juga memiliki banyak keunggulan. Seperti produksi gula sebesar 37,7 persen dari produksi nasional. Untuk tapioka 60 persen produksi nasional. Sementara kopi robusta 26,12 persen dari produksi nasional. ’’Kita juga pemasok nanas kaleng sebesar 26 persen dari kebutuhan nanas dunia. Kita juga pengekspor udang terbesar se-Indonesia ke Amerika,” terangnya di hadapan para peserta yang hadir. Untuk produksi padi, mencapai 2,8 juta ton atau urutan ke tujuh nasional. Produksi komoditas lainnya pun tinggi. Mulai dari singkong, lada, juga jagung. Lalu potensi pariwisata daerah ini pun tak kalah hebat. Sebab Lampung memiliki Taman Na-

sional Way Kambas, Pantai Tanjung Setia, Menara Siger, hingga Teluk Kiluan. ’’Untuk siapa pun yang ingin berinvestasi ke Lampung pun tak usah ragu,” ujarnya. Sebab, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) Lampung semakin mantap dan kondusif. Pengusaha juga akan merasa nyaman dengan kepastian hukum dalam berinvestasi. Hal ini diwujudkan dengan perda RTRW. Kemudahan dalam proses perizinan juga akan menjadikan daya tarik tersendiri bagi para pengusaha. Tak puas dengan potensi yang ada, menurutnya saat ini berbagai upaya pun tengah dilakukan untuk meningkatkan investasi di provinsi ini. Salah satunya dengan peningkatan pembangunan infrastruktur. ’’Kami tengah membangun mega proyek Jembatan Selat Sunda,” sebutnya. Lalu jalan tol Bakauheni dan Terbanggibesar juga pengembangan kota baru. Selain itu, juga tengah dilakukan pembangunan terminal agrobisnis serta Bandara Radin Intan II yang tengah upgrading menjadi bandara internasional. Ditambah lagi pembangunan Bandara Pekon Serai. Sementara itu, Kepala Badan Penanaman Modal dan PPTD Provinsi Lampung Djohan mengatakan, pihaknya tidak akan mempersulit perizinan. ’’Jika dokumen lengkap, proses perizinan akan selesai hanya dalam waktu tiga hari,” yakinnya. Lalu untuk pendirian perusahaan PMDN hanya 3–7 hari. (eka/c3/wan)

(OCBC). Dari beberapa investor tersebut, lanjut Mulya, sudah ada yang menyatakan minat serius dengan memberikan keterangan kepada Bank Indonesia. ’’Hanya beberapa saja. Detil harganya saya belum tahu. Itu intern. Tapi mekanisme akuisisi ya urusan internal mereka dengan Muamalat,” ujarnya. Menurut BI, siapa pun yang akan membeli Bank Muamalat, sudah seharusnya mempunyai komitmen jangka panjang untuk memajukan. ’’Jangan dia membeli sebentar, dan kemudian menjual lagi,” pungkasnya.(jpnn/ c3/wan) FOTO EKA YULIANA

BEROPERASI: Mulai kemarin telah dibuka i lab dan ABC Kids di ruko Villa Citra Blok RA 5, Bandarlampung.

8.555

i lab dan ABC Kids Hadir di Lampung BANDARLAMPUNG - Pendidikan merupakan salah satu bidang bisnis yang memiliki prospek yang sangat cerah. Karena itu, banyak pengusaha yang melihat potensi cerah ini dan terjun ke bidang tersebut. Hal itu pula yang dirasa oleh Irinne Tan, director i lab dan ABC Kids. Melihat potensi yang cerah dan mejanjikan tersebut, ia pun membuka lembaga pendidikan ini yang berlokasi di ruko Villa Citra Blok RA 5, Bandarlampung. Secara resmi i lab dan ABC Kids beroperasi sejak kemarin (18/7). Irinne menjelaskan, ABC Kids merupakan fun English course for kids. Tersedia dua kelas. Yakni nursery’s class untuk usia 2,5 hingga 4 tahun. Pelajaran yang diberikan lebih ke bahasa Inggris interaktif. Hanya satu jam per sesi pertemuan. ’’Lalu jumlah siswa dalam satu kelas hanya 4-16 orang dan terdapat dua pengajar yang merupakan lulusan luar negeri,” terangnya. Untuk biaya belajar hanya Rp280 ribu per bulan. Lalu untuk usia 4 hingga 6 tahun terdapat kinder’s class. Untuk kelas ini dua kali seminggu dengan satu jam per sesinya. Jumlah

siswa pun sama dengan kelas sebelumnya. ’’Kami berikan dua guru juga. Dengan biaya belajar per bulan Rp280 ribu. Satu kali paket pembelajaran selama 10 bulan,” jelasnya. Dilanjutkan, English course yang ia tawarkan ini memiliki banyak keuggulan. Seperti tenaga pengajar yang berkualitas. Merupakan lulusan Australia. Sehingga akan memfokuskan pada conversation. ’’Di tempat kami juga tak hanya diajarkan vocabulary. Namun juga writing, reading, dan lainnya,” tutur dia. Lalu bahasa pengantar saat pembelajaran menggunakan bahasa Inggris. Sehingga anakanak akan lebih terbiasa. ’’Usia balita merupakan usia yang paling baik untuk belajar bahasa baru. Ilmu yang diajarkan akan lebih terserap,” tukasnya. Bahasa Inggris juga merupakan bahasa universal yang sangat penting untuk masa depan anak-anak. Selain English course, juga tersedia i lab. Untuk i lab terdapat dua kelas, yakni SD mulai kelas 1- 6. Mata pelajaran yang diajarkan matematika dan ilmu pengetahuan. (eka/c1/wan)


METROBISNIS

SELASA, 19 JULI 2011

3

Sarana Komunikasi Bisnis

Toyota Pamerkan 29 Mobil JAKARTA - PT Toyota Astra Motor menggandeng Auto 2000 akan memamerkan 29 unit mobil dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011. Jumlah ini lebih banyak dari even serupa tahun lalu yang hanya memamerkan 19 unit mobil. ’’Toyota akan menampilkan sejumlah mobil konsep penumpang. Dan khusus tahun ini, untuk kali pertamanya kendaraan-kendaraan komersial ikut dipamerkan oleh Toyota,” kata Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor Johnny Darmawan dalam siaran persnya kepada Radar Lampung kemarin (18/7). Dalam IIMS yang digelar pada 22-31 Juli 2011 di Jakarta International Expo (JIExpo) itu, booth Auto 2000 hadir khusus dengan kendaraan komersial yang dapat dikunjungi di area outdoor. Ini akan membuat informasi pengunjung IIMS semakin terlengkapi dan mudah bertransaksi. Chief Executive Auto 2000 Djojana J. menambahkan, hadirnya booth kendaraan komersial ini juga merupakan upaya menjadikan Dyna dengan beragam varian inovasinya sebagai solusi bisnis para pengusaha. Market kendaraan komersial berkembang pesat dapat dijadikan indikator meningkatnya perekonomian di tanah air. ’’Auto 2000 siap menyambut kebutuhan pasar. Tentu dengan beragam program penjualan yang mudah dan menarik, serta layanan after sales yang andal sehingga dapat menjadi solusi bisnis bagi pelanggan,” jelas Djojana. Dilanjutkan, layanan-layanan terbaik dari para partner Toyota juga akan melengkapi keinginan

konsumen dalam merasakan total ownership experience bersama Toyota. Aneka fasilitas booth juga kembali dihadirkan demi kepuasan dan kenyaman pengunjung. Perjalanan inovasi Toyota, khususnya di Indonesia, akan semakin tergambar dengan bakal ditampilkannya dua kendaraan legendaris Toyota, yaitu Toyota Kijang kotak yang dikenal dengan sebutan Kijang buaya serta Toyota Corolla AE-86, sang legendaris. Johnny menerangkan, komitmen kontribusi berkelanjutan Toyota di Indonesia memang akan diperlihatkan dalam IIMS 2011. Pameran otomotif terbesar di tanah air tahun ini memiliki arti tersendiri bagi Toyota karena bertepatan dengan peringatan 40 tahun kehadiran Toyota dalam mendukung industri otomotif di Indonesia. Lebih daripada itu, kata dia, Toyota ingin menunjukkan bahwa perjalanan inovasi akan terus dilakukan yang merupakan implementasi dari salah satu pilar utama filosofi perusahaan. Yaitu kaizen atau continues improvement. Journey of Innovation menjadi tema pada IIMS 2011 ini yang merupakan rangkaian dari tema 40 tahun Toyota Indonesia yaitu Endless Journey of Seeding The Goodness. Tema yang diusung Toyota terpresentasi dari rancangan booth yang dinamis. Yakni dengan menempatkan rancangan atap seperti gelombang angin dan menggunakan simbol bunga dandelion yang menggambarkan tujuan perusahaan. Yaitu dalam menyebarkan benih kebaikan untuk memperkaya kehidupan. Setiap line-up Toyota dipajang dengan latar belakang putik bunga ini. (dna/c1/wan)

FOTO IST

HADIR LEBIH SPESIAL: (Kiri-kanan) Direktur Konsumer Telkom I Nyoman G. Wiryanata, Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno, Direktur Keuangan Telkomsel Triwahyusari, Brand Ambassador Telkomsel Siaga 2011 Vincent Rompies, dan Executive GM Telkom Flexi Mas’ud Khamid memperkenalkan layanan Peta Siaga di ponsel saat peluncuran program Telkomsel Siaga 2011 di Jakarta, Jumat (15/7).

Sambut Ramadan, Telkomsel Manjakan Pelanggan BANDARLAMPUNG - Menyambut datangnya bulan suci Ramadan dan Idul Fitri 1432 Hijriah, Telkomsel menghadirkan layanan menguntungkan. Yakni melalui program tahunan Telkomsel Siaga. Pelanggan Telkomsel pun akan merasakan kenyamanan berkomunikasi selama Ramadan hingga momentum Lebaran. Berbeda dengan penyelenggaraan pada tahun-tahun sebelumnya, Telkomsel Siaga 2011 mengedepankan kualitas layanan data dalam jaringan pita lebar. Dengan fokus ini, para pelanggan diharapkan dapat semakin merasakan kenyamanan dalam memanfaatkan beragam layanan saat beribadah Ramadan. Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno menuturkan, Telkomsel Siaga merupakan program berkesinambungan yang diselenggarakan setiap tahun untuk menjawab kebutuhan

pelanggan selama beribadah Ramadan hingga Lebaran. ’’Untuk itu, Telkomsel Siaga menghadirkan layanan beragam konten islami serta informasi mudik melalui layanan Peta Siaga,” paparnya. Melalui akses menu *123#, Telkomsel Siaga tahun ini hadir lebih spesial dengan kian beragamnya layanan inovatif mobile lifestyle. Seperti layanan video dan SMS tausyiah Damai Indonesiaku, Peta Siaga 2011, ceramah singkat dari para ustad ternama dan selebriti melalui layanan voice blog Bubbly, serta SMS emoticons yang membuat pesan semakin gaya dan bermakna. Damai Indonesiaku sendiri merupakan program dakwah di salah satu stasiun televisi yang kini bisa dinikmati melalui telepon seluler. Dengan mengakses *123#, pelanggan dapat memilih tausyiah SMS atau video dari para ustad

ternama di Indonesia. Seperti Ustad Jeffry Al Bukhari (Uje) dan almarhum K.H. Zainuddin M.Z. Dengan layanan video tausyiah, selain pelanggan mendapatkan siraman kalbu, juga dapat menyimpan video di dalam handset yang bisa diputar kapan saja dibutuhkan. ’’Sedangkan Peta Siaga merupakan jawaban atas kebutuhan umat Islam saat melakukan mudik Lebaran,” ujarnya. Selama perjalanan mudik, pelanggan senantiasa membutuhkan informasi beberapa titik penting. Seperti lokasi SPBU, rest area, masjid, atau ATM terdekat. Melalui Peta Siaga, kebutuhan ini dapat dipenuhi dengan mengakses http://petasiaga.telkomsel. com dari mobile web browser yang terdapat pada handset pelanggan. Bagian atas Peta Siaga akan menunjukkan lokasi pelanggan saat itu dan di bagian bawah peta

terdapat beberapa lokasi penting yang bermanfaat bagi pelanggan. Seperti GraPARI Telkomsel, bank, ATM, restoran, SPBU, dan masjid. Sementara itu, layanan voice blog Bubbly menjadi salah satu layanan unggulan Telkomsel Siaga 2011. Sebab, pelanggan tetap dapat mendengarkan tausyiah dari para ustad atau celoteh selebriti selama Ramadan. Dengan mem-follow voice blog mereka, pelanggan dapat mendengarkan siraman rohani bahkan ketika dalam perjalanan mudik. Pelanggan juga bisa menghabiskan waktu mendengar voice blog selebriti kesayangannya cukup dengan biaya Rp1.000 per minggu. Adapun layanan SMS emoticons memungkinkan pesan yang disampaikan dalam bentuk teks kepada orang yang dituju dalam bentuk gambar yang lucu dan menarik. Pelanggan tidak perlu repot mencari atau harus mengo-

leksi gambar unik dalam handsetnya. Cukup dengan mengetikkan X di depan pesan teks (SMS) biasa, maka pesan yang terkirim akan berubah menjadi gambar lucu dan menarik. ’’Sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan dan reseller, Telkomsel Siaga juga menyelenggarakan program mudik bersama. Untuk tahun ini, Telkomsel akan memberangkatkan lima ribu orang melalui berbagai transportasi,” imbuhnya. Yakni kapal laut sebanyak 2.000 orang, kereta api 1.300 orang, bus 1.000 orang, pesawat terbang 600 orang, dan mobil 100 orang. Pelanggan yang berminat mengikuti program ini dapat melakukan registrasi melalui akses *123# maupun melalui website Telkomsel (http://www.telkomsel. com) sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku sebagai peserta mudik bersama. (eka/c1/wan)


BERITA UTAMA

4

SELASA, 19 JULI 2011

Jawa Pos News Network

Bareskrim Periksa Istri Ruhut Sitompul JAKARTA – Bareskrim Mabes Polri kemarin (18/7) memeriksa istri pertama Ruhut Sitompul, Anna Rudiantiana Legawati, sebagai saksi pelapor suaminya. Perempuan akrab disapa Anna tersebut dicecar selama 9 jam dengan 15 pertanyaan seputar laporan kasus pemalsuan dokumen pernikahan. ’’Ada sekitar 15 pertanyaan, semua saya jawab,’’ kata Anna didampingi pengacaranya, Immanuel Sianipar, usai diperiksa sekitar pukul 18.50 WIB di Mabes Polri kemarin (18/7). Dalam laporannya, ia menjelaskan, Ruhut menikah dengan istri keduanya, Diana Leovita, pada 2008 dengan mengaku sebagai lajang. Padahal, Ruhut telah berhubungan dengan Anna sejak 1991 dan menikah di Sydney, Australia pada 1998 dan melahirkan seorang anak yaitu Christian Husen Sitompul. Anna tiba di Bareskrim Mabes Polri kemarin sekitar pukul 10.00. Menggunakan kemeja berwarna cokelat, Anna pun tampak tenang dan mengumbar senyum. Dia juga membawa dokumendokumen soal pernikahannya dan hasil penelusuran pernikahan kedua Ruhut. Anna mengaku telah menemukan bukti-bukti baru yang dapat menjerat suaminya, Ruhut Sitompul. ’’Kenapa di Manado, karena dia kan publik figur dan dia di Jakarta tentunya semua infotaiment pasti akan mengejar dan pasti akan tahu. Dan, semua masyarakat di Jakarta, sebagian besar sudah tahu bahwa suami saya adalah Ruhut Sitompul,’’ katanya. Anna mengaku saat Ruhut

belum menikah dengan istri keduanya, Diana, sempat mengancam Ruhut. Ancamannya adalah menggelar konferensi pers soal perselingkuhannya tersebut. ’’Saya akan konferensi pers, wah dia menangis kayak anak bayi saking takutnya menghadapi infotainment,’’ kata mantan anggota DPRD DKI Jakarta dari Partai Golkar ini. Dengan alasan itulah, Ruhut kemudian menikah di Manado. Anna menjelaskan, sebetulnya Pendeta yang menikahkan Ruhut dengan Diana sudah mengetahui bahwa Ruhut telah memiliki istri di Jakarta. ’’Karena ada tekanan, jadi dia menikahkan, tetap melaksanakan pernikahan di Manado,’’ katanya. Anna melaporkan Ruhut dengan empat pasal sekaligus. Empat pasal itu adalah tentang pemalsuan dokumen Pasal 263 KUHP ancaman penjara 6 tahun. Kemudian pasal 279 KUHP menghilangkan status perkawinan yang ancamannya 7 tahun. Pasal 284 KUHP masalah perzinaan hukumannya 9 bulan dan yang terakhir pasal 45 PP No. 9/1975 tentang Pelaksanaan UU No. 1/74 tentang Perkawinan, yaitu mempunyai istri kedua secara tidak sah. Tak hanya itu. Anna juga melaporkan politisi Partai Demokrat itu ke Badan Kehormatan DPR. Dalam beberapa kesempatan, Ruhut telah membantah pernyataan Anna. Menurut Ruhut, laporan itu bohong. Tadi malam, ponsel Ruhut tidak bisa dihubungi. Pesan singkat meminta tanggapan terkait pemeriksaan Anna juga tidak dibalas. (jpnn/c3/rim)

FOTO JPNN

PENUHI PANGGILAN: Istri politisi partai Demokrat Ruhut Sitompul, Anna Rudiantiana Legawati, saat tiba di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Senin (18/7).

Pemda Harus Giatkan Upacara Bendera JAKARTA – Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) menginstruksikan seluruh pemerintah daerah (pemda) untuk lebih giat memberikan sosialisasi dan edukasi kepada seluruh masyarakat dan organisasi masyarakat (ormas) di daerah setempat mengenai pentingnya upacara dan penghormatan kepada bendera Merah Putih. Dirjen Pendidikan Dasar Kemendiknas Suyanto mengatakan, Kadisdik di setiap daerah harus turun tangan untuk menyosiali-

sasikan upacara dan penghormatan bendera. ’’Kepala dinas perlu sosialisasikan upacara bendera karena kebijakan hormat bendera bukan dalam konteks menyembah Tuhan. Akan tetapi, bendera adalah bagian dari nilai nasionalisme. Sehingga, kita harus hormat kepada simbol negara,’’ terangnya. Mantan Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendiknas ini memaparkan, masyarakat harus lebih cerdas dalam melihat dan membedakan

NOMOR PENG : B- 00122/ALU.PLB/07/2011

Berdasarkan Sertifikat Hak Tanggungan yang berkepala ”DEMI KEADILAN BERDASARKAN KETUHANAN YANG MAHA ESA” DAN pasal 6 Undang-Undang Hak Tanggungan No. 4 Tahun 1996, PT. Bank Danamon Indonesia Tbk, berkedudukan di Jakarta melalui Divisi Self Employed Mass Market Cluster Lampung 1 dan 2 dengan perantaraan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bandar Lampung, akan melaksanakan Lelang Eksekusi Hak Tanggungan dimuka umum terhadap objek jaminan sebagai berikut :

2. SUMARDI Sebidang tanah luas 378 M2, SHM No. 9117/Sukarame, an. Syahpirin Dja’far, berikut bangunan di atasnya, terletak di Jl. Pulau Damar Gg. Apel I No. 36 Kel. Waydadi (dh. Kel. Sukarame) Kec. Sukarame Kota Bandar Lampung, dengan Harga Limit sebesar Rp 180.000.000,- dengan uang jaminan sebesar Rp 36.000.000,3. JOYO MUSTOPA Sebidang tanah luas 143 M2, SHM No. 1219/Tj.S, an. Joyo Mustopa, berikut bangunan di atasnya, terletak di Jl. Cempaka III No. 08 RT/RW 006/002 Kel. Tanjung Senang Kec. Tanjung Senang Kota Bandar Lampung, dengan Harga Limit sebesar Rp 175.000.000,- dengan uang jaminan sebesar Rp 35.000.000,4. ABU HANIPAH Sebidang tanah luas 474 M2, SHM No. 10, an. Abu Hanafiah, berikut bangunan di atasnya, terletak di Desa Giham Sukamaju Kec. Sekincau (dh. Kec. Belalau) Kab. Lampung Barat, dengan Harga Limit sebesar Rp 375.000.000,- dengan uang jaminan sebesar Rp 75.000.000,5. UJANG SUPRIADI 2 (dua) bidang tanah berikut bangunan di atasnya masingmasing: luas tanah 19.520 M2, SHM No. 288, an. Hj. Nur Aini AB, dan luas tanah 18.300 M2, SHM No. 289, an. Abu Hanapiah, terletak di Desa Mampang Kec. Belalau Kab. Lampung Barat, dengan Harga Limit sebesar Rp 250.000.000,- dengan uang jaminan sebesar Rp 50.000.000,6. MUHAMMAD IMRON Sebidang tanah luas 353 M2, SHM No. 3700/Su.K, an. Muhammad Imron, berikut bangunan di atasnya, terletak di Jl. Imba Kesuma I RT/RW 002/003 Kel. Sumberejo Kemiling Kec. Tanjungkarang Barat Kota Bandar Lampung, dengan Harga Limit sebesar Rp 150.000.000,dengan uang jaminan sebesar Rp 30.000.000,7. FERY DEDIYANTO, SH Sebidang tanah luas 294 M2, SHM No. 6478/Kd, an. Fery Dediyanto, SH, berikut bangunan di atasnya, terletak di Jl. Bumi Manti III Kel. Kampung Baru Kec. Kedaton Kota Bandar Lampung, dengan Harga Limit sebesar Rp 175.000.000,- den g a n u a n g j a m i n a n sebesar Rp 35.000.000,8. LAMSIHAR SIMANJUNTAK Sebidang tanah luas 267 M2, SHM No. 808/Tj.R, an. Drs. Lamsihar Simanjuntak, berikut bangunan di atasnya, terletak di Jl. Merbau Gang Mentru Lk III RT 010 Kel. Tanjung Raya Kec. Tanjungkarang Timur Kota Bandar Lampung, dengan Harga Limit sebesar Rp 170.000.000,dengan uang jaminan sebesar Rp 34.000.000,9. YANTY PERMATASARI Sebidang tanah luas 100 M2, SHGB No. 1510/Skb, an. Ny. Pratina R, berikut bangunan di atasnya, terletak di Perumahan Griya Abdi Negara Blok A No. 17 RT/RW 002/001 Kel. Sukabumi Kec. Sukabumi (dh. Kec. Sukarame) Kota Bandar Lampung, dengan Harga Limit sebesar Rp 95.000.000,- dengan uang jaminan sebesar Rp 19.000.000,-

kepada bendera dan bedanya dengan menyembah Tuhan. ’’Ini harus dijelaskan benar-benar. Sehingga diharapkan tidak ada lagi ancaman atau larangan untuk menggelar upacara bendera,’’ tukasnya. Diketahui, Yayasan Perguruan Al-Irsyad Al-Islamiyah Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah, yang menggelar upacara bendera kali pertama, Senin (18/7), harus mengalami insiden ancaman dari belasan anggota ormas garis keras yang menolak sikap hormat dan

upacara bendera. Upacara berlangsung di halaman sekolah. Bupati Karanganyar Rina Iriani bertindak selaku instruktur upacara. Seluruh siswa mulai dari Taman Kanak-kanak hingga SMP mengikuti upacara tersebut. Para siswa tetap turut memberikan penghormatan saat pengibaran bendera. Tapi masih ada beberapa siswa yang tak memberikan penghormatan. Diduga, mereka mendapat ancaman dari ormas yang berada di luar sekolah itu. (jpnn/c3/rim)

Tujuh Advokat Gugat UU Keimigrasian

PENGUMUMAN KEDUA LELANG HAK TANGGUNGAN

1. DAHLAL Sebidang tanah luas 94 M2, SHM No. 12867/Rj.B, an. Dahlal, berikut bangunan di atasnya, terletak di Perumahan Bukit Alam Permai Blok C No. 15.A Kel. Rajabasa Kec. Rajabasa Kota Bandar Lampung, dengan Harga Limit sebesar Rp 118.000.000,- dengan uang jaminan sebesar Rp 24.000.000,-

mana yang masuk dalam konteks agama dan tidak. ’’Hormat bendera itu biasa saja. Tidak ada unsur sembah-menyembah. Justru dari hormat bendera itulah, jiwa nasionalisme sebagai bangsa Indonesia akan bisa tumbuh. Itu yang harus ditanamkan kepada anak didik kita,’’ tegasnya. Dengan begitu, Suyanto menambahkan, sebaiknya kepala sekolah (Kepsek) juga harus ikut andil dalam menjelaskan dan berdialog dengan siswanya mengenai maksud dan tujuan hormat

10. RUSWAN NUR (ALIAS RISWAN NUR) 2 (dua) bidang tanah berikut bangunan di atasnya masingmasing: luas tanah 409 M2, SHM No. 163/PSK/PST, an. Ruswan Nur, dan luas tanah 320 M2, SHM No. 1379, an. Ruswan Nur, terletak di Pasar Mulya Barat III Kel. Pasar Krui Kec. Pesisir Tengah Kab. Lampung Barat, dengan Harga Limit sebesar Rp 350.000.000,- dengan uang jaminan sebesar Rp 70.000.000,11. MURTINI Sebidang tanah luas 996 M2, SHM No. 338, an. Drs. Manilai RI, berikut bangunan di atasnya, terletak di Desa Sinar Palembang Kec. Candipuro Kab. Lampung Selatan, dengan Harga Limit sebesar Rp 125.000.000,- dengan uang jaminan sebesar Rp 25.000.000,-

JAKARTA – Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar sidang pengujian Pasal 16 Ayat 1 Huruf b UU No. 6/2011 tentang Keimigrasian yang diajukan tujuh advokat, Rico Pandeirot, Afrian Bondjol, Yulius Irwansyah, Slamet Yuwono, Rachmawati, Dewi Ekuwi Vina, dan Gusti Made Kartika, Senin (18/7). Menurut Rico Pandeirot, bunyi ketentuan pasal 16 ayat 1 huruf b yang mengatur wewenang penyelidik untuk meminta kepada pejabat Imigrasi melakukan cekal terhadap seseorang meskipun pemeriksaan baru pada tahap penyelidikan sangat melanggar hak asasi seseorang. Pasal 16 ayat (1) huruf b UU Keimigrasian berbunyi, pejabat Imigrasi menolak orang untuk keluar wilayah Indonesia dalam

hal orang tersebut: b. Diperlukan untuk kepentingan penyelidikan dan penyidikan atas permintaan pejabat berwenang. Rico menilai, ketentuan di atas sangat membuka ruang dan peluang bagi lembaga penegak hukum seperti KPK dengan mudahnya melarang hak asasi seseorang untuk berpergian dalam rangka melangsungkan hidup dan kehidupan. ’’Bunyi ketentuan pasal 16 ayat (1) huruf b UU Keimigrasian yang mengatur mengenai wewenang penyelidik untuk meminta pejabat imigrasi melakukan cekal terhadap seseorang, meskipun pemeriksaan baru pada tahap penyelidikan sangat melanggar hak asasi manusia,’’ tandasnya di hadapan majelis hakim yang diketuai Muhamad Alim.

Dikatakan, pasal ini dalam praktiknya dapat membuka peluang yang mengakibatkan hilangnya hak konstitusional para pemohon. ’’Praktik seperti ini terjadi dalam perkara atas nama M. Nazaruddin yang dicekal atas permintaan KPK, padahal terhadap Nazaruddin belum ada perkara dan belum pernah dipanggil KPK,’’ ujarnya. Berdasarkan hal tersebut, ia menambahkan, para pemohon meminta MK mengabulkan permohonan para pemohon bahwa pasal 16 ayat (1) huruf b UU Keimigrasian bertentangan dengan UUD. ’’Menyatakan kata 'Penyelidikan’ pada 16 ayat (1) huruf b UU Keimigrasian dan penjelasan pasal 16 ayat (1) huruf b UU Keimigrasian bertentangan dengan UUD 1945,’’ tandasya. (jpnn/c3/ rim)

YANG AKAN DILAKSANAKAN PADA : Hari/Tanggal : Selasa / 02 Agustus 2011 Pukul : 10.00 WIB s/d Selesai Tempat : KPKNL Bandar Lampung Jl. Basuki Rahmat No. 12 Bandar Lampung SYARAT-SYARAT LELANG : 1. Uang jaminan lelang untuk masing-masing objek disetor ke rekening Penampungan Lelang KPKNL Bandar Lampung Nomor 0285-01-000468-30-1 di PT. Bank BRI (Persero) Cabang Teluk Betung dan sudah harus efektif paling lambat 1 (satu) hari kerja sebelum pelaksanaan lelang. 2. Peserta yang telah menyetorkan uang jaminan lelang harus hadir dalam pelaksanaan lelang, jika diwakilkan harus membawa surat kuasa bermaterai cukup, dan peserta lelang diharuskan menyerahkan bukti setor uang jaminan serta melampirkan fotocopy identitas diri (KTP/SIM). 3. Peserta lelang diwajibkan melihat, mengetahui dan menyetujui aspek legal dari objek yang dilelang sesuai apa adanya (kondisi as is). 4. Setiap peserta lelang Wajib melakukan penawaran dan penawaran tersebut paling sedikit sama dengan Nilai Limit. Apabila tidak melakukan penawaran sebagaimana dimaksud, dikenakan sanksi tidak boleh mengikuti lelang selama 3 (tiga) bulan di wilayah KPKNL Bandar Lampung. 5. Cara penawaran lelang dilakukan langsung secara lisan. 6. Peserta yang ditunjuk sebagai pemenang lelang, wajib melunasi harga lelang berikut biaya lainnya dalam waktu paling lambat 3 (tiga) hari kerja setelah ditunjuk sebagai pemenang lelang. 7. Apabila pemenang lelang tidak melunasi kewajibannya, maka dinyatakan Wanprestasi dan akan dimasukkan ke dalam Daftar Hitam Lelang. 8. Peserta lelang yang tidak menang, dapat mengambil kembali uang jaminan dengan menunjukkan asli bukti setoran dan kartu identitas diri. 9. Bagi peserta yang berminat dapat melihat barang yang dilelang sejak pengumuman ini diterbitkan. Keterangan lebih lanjut dapat menghubungi Panitia lelang PT. Bank Danamon Indonesia Tbk, Divisi Self Employee Mass Market, atas nama Yose Rizal No. Hp 081379086786, Samsu Rizal No. Hp 081379467200, Hasbi H Nur No. Hp 085275040822 atau KPKNL Bandar Lampung, dengan alamat Jl. Basuki Rahmat No. 12 Bandar Lampung Telp. (0721) 474735. Bandar Lampung, 19 Juli 2011 PT. Bank Danamon Indonesia Tbk. Divisi Self Employed Mass Market a.n. ALU Manager Region Palembang ttd YOSE RIZAL BE CoM Cluster Lampung 1

FOTO JPNN

BAHAS PERDAMAIAN: Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (NU) menggelar pertemuan dengan ulama dan tokoh Islam dari Afghanistan. Pertemuan tersebut membahas tema perdamaian dan pengalaman Islam moderat dalam demokrasi Indonesia.

Kemenhut Lambat Antisipasi Kebakaran JAKARTA - Kementerian Kehutanan (Kemenhut) dinilai tidak serius menjalankan Program Siaga Penuh menghadapi ancaman kebakaran hutan. Komisi IV DPR RI Ma’mur Hasanuddin menilai, dari segi peralatan misalnya, terkadang masih menggunakan peralatan tradisional. Tak hanya itu, kata Ma’mur, beberapa petugas lapangan terutama tenaga penyuluh terkadang juga terlambat melakukan sosialisasi pencegahan kebakaran hutan seperti yang terjadi di Madiun pekan lalu. ’’Seharusnya penyuluhan antisipasi kebakaran hutan ini dilakukan secara intensif dan terus-menerus, jangan sampai menunggu kebakaran hutan baru dilaksanakan sosialisasi,’’ ujar Ma’mur Hasanuddin dalam keterangan persnya, kemarin. Karenanya, dia meminta Kemenhut agar melakukan program siaga penuh terhadap antisipasi kebakaran hutan. Berdasarkan data yang dimi-

likinya, kebakaran hutan memiliki dampak ekonomi yang sangat besar. Pada tahun 1997 dan 1998 adalah tahun yang bersejarah bagi Indonesia terutama terkait bencana kebakaran hutan. Kebakaran pada saat itu telah membakar hutan seluas 11,7 juta hektare. Kebakaran hutan terluas terjadi di Kalimantan seluas 8,13 juta hektare, berikutnya adalah Sumatera 2,07 juta hektare, Papua Barat 1 juta hektare, Sulawesi 400 ribu hektare, dan Jawa 100 ribu hektare. Terkait pelaksanaan rakornas perlindungan kawasan hutan dan antisipasi kebakaran hutan pada musim kemarau yang dilaksanakan di Hotel Mercure Ancol, Ma’mur menilai bahwa pertemuan tersebut adalah momen yang sangat tepat untuk terus mempererat kerja sama antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah khususnya yang memiliki kawasan hutan rawan kebakaran. Terpisah, anggota DPR RI Dapil

II Kalimantan Selatan Aditya Mufti Ariffin berharap pemerintah meningkatkan pengawasan khususnya terhadap perusahaan yang melakukan pembukaan lahan baru selama musim kemarau. Sekadar diketahui, Kalimantan Selatan merupakan salah satu provinsi yang rawan kebakaran hutan. Politisi Partai Persatuan Pembangunan tersebut menilai bahwa kebakaran hutan khususnya di daerah yang rawan seperti Kalimantan Selatan kebanyakan terjadi karena perilaku masyarakat maupun perusahaan yang membuka lahan dengan cara membakar. ’’Pemerintah harus mengawasi secara ketat terutama saat pembukaan lahan, kadang banyak perusahaan yang masih menggunakan sistem bakar lahan kalau tidak diawasi saya khawatir kebakaran akan kembali terjadi apalagi musim kemarau tahun ini juga diperkirakan akan sama seperti tahun lalu,’’ ujarnya. (jpnn/ c3/rim)


BERITA UTAMA SELASA, 19 JULI 2011

5

Jawa Pos News Network

Tiga Tertangkap, Lima Buron BANDARLAMPUNG – Setelah sempat bungkam selama empat hari, polisi akhirnya buka suara terkait penangkapan perampok bersenjata api (senpi) di kantor Unit Pegadaian Sukarame, Bandarlampung, yang terjadi pada Selasa (5/7). Kemarin, Kapolda Lampung Brigjen Sulistyo Ishak memimpin langsung ekspose kasus itu. Pada ekspose itu, tiga perampok yang berhasil diringkus dihadirkan. Yakni Sahrul Lubis, warga Jl. Ahati Gg. Masjid Agung, Kotabumi, Lampung Utara, serta Yus Sanjaya dan Heriyadi, keduanya warga Palembang, Sumatera Selatan. Sejumlah barang bukti berhasil disita dari tiga perampok itu. Di antaranya dua senpi rakitan jenis Colt 38, sembilan amunisi, tiga kunci L, emas seberat 0,5 kilogram, satu unit mobil Toyota Avanza B 1203 PFL, satu unit laptop merek Dell, uang tunai Rp40,8 juta, sepeda motor Yamaha Bison BG 5434 UH, dan Yamaha F1ZR BG 3522 MV. Diketahui, perampok bersenpi beraksi di kantor pegadaian Jl. Pulau Legundi, Sukarame, Bandarlampung, Selasa (5/7) sekitar pukul 04.00 WIB. Selain merusak pintu utama kantor dengan las listrik, perampok melumpuhkan Yopi Suhaili (34), satpam setempat, dan menyandera Hanafi, warga yang melintas ketika perampokan terjadi. Perampok berhasil membawa kabur uang tunai Rp64.805.300, dua BPKB sepeda motor, dan barang jaminan perhiasan emas 765 potong. Total kerugian mencapai lebih dari Rp3 miliar. Dalam ekspose kemarin, Kapolda Lampung Brigjen Sulistyo Ishak yang didampingi Kepala Biro Operasional Kombes Rahyono; Kapolresta Bandarlampung Kombes Guntor F. Gaffar; Wakapolresta AKBP Nurrohman; Kabidhumas AKBP Sulistyaning-

FOTO WAHYU SYAIFULLAH

SEKAMPUNGUDIK – Nurfuad (48) ditemukan tergeletak bersimbah darah di areal persawahan Dusun Kampungbaru, Desa Pugungraharjo, Kecamatan Sekampungudik, Lampung Timur, pukul 07.00 WIB kemarin (18/7). Setidaknya ada tujuh luka bacokan di tubuh lelaki 48 tahun yang diduga menjadi korban pembegalan itu. Menurut Sarto (46), adik Nurfuad, kakaknya diketahui pergi dari rumah untuk melihat sawah yang berjarak satu kilometer dari kediamannya, Minggu (17/7) sekitar pukul 17.00 WIB. Ketika itu, Nurfuad mengendarai motor Honda Vario BE 5343 FL. Lantaran hingga malam hari Nurfuad tidak juga pulang, keluarga dan warga melakukan pencarian. Namun, Nurfuad tidak ditemukan. Kemarin pagi, ia ditemukan tergeletak di tepi sawah. Tangan dan kaki tokoh agama di Desa Pugungraharjo itu terdapat luka. Warga setempat bersama petugas Polsek Sekampungudik kemudian membawa Nurfuad ke Rumah Sakit Imanuel Bandarlampung. Kapolres Lamtim AKBP

Bambang Haryanto didampingi Kapolsek Sekampungudik AKP Waryono membenarkan kejadian itu. Menurutnya, saat dibawa ke RS Imanuel, Nurfuad sempat tidak sadarkan diri. Setelah sadar, ia menyebutkan ciri-ciri pelaku yang membacok dan merampas sepeda motornya. Berdasarkan keterangan itu, petugas Polres Lamtim bersama Polsek Sekampungudik mengamankan Ismail (27) yang diduga sebagai salah satu pelaku. ’’Rumah tersangka hanya berjarak 200 meter dari rumah korban,” jelas Kapolres. Dilanjutkan, dengan tertangkapnya tersangka, untuk sementara kejadian itu murni karena tindak kriminal. Diduga, para pelaku berniat membunuh korban dan merampas sepeda motornya. Sebab, antara korban dan salah satu pelaku sudah saling mengenal. ’’Kami belum menemukan adanya motif lain di balik peristiwa itu. Kini tersangka masih menjalani pemeriksaan. Kami juga masih memburu tiga pelaku lainnya,” pungkas Kapolres. (wid/c2/ais)

EKSPOSE: Kapolda Lampung Brigjen Sulistyo Ishak memimpin ekspose kasus perampokan bersenjata api di kantor Unit Pegadaian Sukarame, Bandarlampung, yang terjadi pada Selasa (5/7). Tiga tersangka berikut barang bukti turut dihadirkan.

sih; dan Kasatreskrim Kompol Takdir Mattanete mengatakan, jumlah pelaku perampokan keseluruhan ada delapan orang. Kini lima pelaku tengah diburu.’’Kami tidak menyebutkan nama dan inisial kelima perampok itu demi kepentingan penyidikan. Karena hingga kini, kami masih terus mengejar mereka,” katanya. Dari hasil penyidikan terhadap ketiga perampok yang berhasil diringkus, diketahui mereka sudah delapan kali beraksi di wilayah hukum Polda Lampung. Selain di kantor Unit Pegadaian Sukarame, mereka pernah beraksi di kantor Pegadaian Unit Jepara, Lampung Timur, 11 Maret 2010.

Lalu, di kantor Pegadaian Unit Pasar Central Kotabumi, Lampura, 2 April 2010; di kampus STKIP, Kotabumi, Lampura, 2 Juli 2011; dan Master Data Komputer, Telukbetung Utara, Bandarlampung. Kemudian di counter handphone Duita Cell, Kaliumban, Kotabumi, Lampura; BRI Cabang Sukadana, Lamtim; dan tower pemancar Telkomsel di Desa Banjarnegeri, Muarasungkai, Lampura. ’’Mereka juga pernah beraksi di wilayah hukum Polda Jambi, Metro Jaya, dan Riau. Dalam melaksanakannya, mereka juga berganti-ganti pasangan,” beber Kapolda. Jenderal bintang satu ini me-

lanjutkan, modus operandi yang dilakukan oleh komplotan perampok ini, di antaranya, jika ada penjaganya, mereka akan menodongkan senpi dan tidak segansegan melukai bila melawan. Selanjutnya, komplotan perampok ini akan mengikat tangan menggunakan tali serta menutup mata dan mulut menggunakan lakban. ’’Modusnya juga dengan merusak kunci pintu masuk dengan cara mengelas serta dijebol menggunakan linggis dan membuka brankas memakai las. Jika tidak ditanam atau kecil, mereka akan membawanya,” tandasnya. Sementara pantauan Radar Lampung kemarin, ketiga per-

ampok semuanya menderita luka tembak. Sahrul di paha kirinya, Yus Sanjaya di tempurung kaki kirinya, dan Heriyadi di lutut kirinya. Radar Lampung sempat mewawancaraiSahrulsekitarsatumenit. Dia mengaku, perampokan sudah direncanakan dan dilakukan oleh delapan orang, termasuk dirinya. ’’Pemimpin kami namanya Edi (buron, Red). Dia belum tertangkap. Teman-teman saya lainnya yang belum tertangkap namanya Amri, Aman, dan Ninin. Satu lagi, saya lupa namanya karena dia baru masuk komplotan kami. Dari merampok di Pegadaian Sukarame, saya cuma kebagian satu kilogram emas,” pungkasnya. (whk/c2/ais)

Jatah Bahan Bakar Minyak Daerah Bertambah JAKARTA – Antrean panjang kendaraan bermotor di SPBU akibat kelangkaan BBM, tampaknya, bakal sedikit berkurang. Pemerintah segera menambah jatah atau kuota BBM di daerah. Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Tubagus Haryono mengatakan, seiring dengan disetujuinya penambahan kuota BBM bersubsidi dalam APBNP 2011, maka secara kuota BBM untuk setiap daerah akan bertambah. ’’Tambahan kuota BBM akan dibagi secara proporsional di masing-masing daerah," ujarnya kepada Jawa Pos (grup Radar Lampung) ditemui di gedung DPR kemarin (18/7). Sebagaimana diketahui, Ke-

Tengok Sawah, Dibegal Tetangga

menterian ESDM dan Komisi VII DPR sudah menyepakati penambahan kuota BBM bersubsidi untuk APBNP 2011 dari 38,59 juta kiloliter (KL) menjadi 40,49 juta KL. Rinciannya, kuota BBM bersubsidi jenis premium ditambah 1,35 juta KL menjadi 24,54 juta KL, solar ditambah 1,07 juta KL menjadi 14,15 juta KL, dan kuota minyak tanah dikurangi 0,52 juta KL menjadi 1,80 juta KL seiring program konversi ke elpiji. Menurut Tubagus, tambahan kuota BBM bersubsidi itu akan dibagi-bagi berdasar realisasi konsumsi BBM bersubsidi tahun lalu dan proyeksi kebutuhan hingga akhir tahun ini. ’’Jadi tidak semua daerah akan mendapat tambahan BBM. Kalau diproyeksi jatah

yang sekarang cukup, tidak akan ditambah lagi," katanya. Tubagus mengakui, seiring banyaknya kelangkaan BBM di daerah, pihaknya terus dihubungi oleh pemerintah daerah (pemda) untuk meminta tambahan jatah BBM. ’’Kami banyak dapat ’surat cinta’ dari bupati atau wali kota, tapi sebelum APBNP disahkan, kami tidak bisa memberikan tambahan kuota," ucapnya. Sebagai catatan, APBNP 2011 rencananya baru disahkan pada akhir Juli ini. Data BPH Migas menunjukkan, beberapa daerah sudah mengirim surat resmi meminta tambahan jatah BBM. Di antaranya Provinsi Kalimantan Timur, Provinsi Bangkabelitung, Kabupaten Bengkalis, Kabu-

paten Kep. Meranti, Kabupaten Siau Tagulandang, Kabupaten Lembata, Kabupaten Sanggau, Kabupaten Poso, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Buru Selatan, Kabupaten Paniai, Kabupaten Mimika, Kabupaten Jayawijaya, dan Kabupaten Puncakjaya. Konsumsi di wilayah-wilayah itu memang tinggi, sehingga sudah jauh melampaui kuota yang ditetapkan BPH Migas. Meski demikian, lanjut Tubagus, pemerintah tidak akan begitu saja memenuhi permintaan tambahan kuota yang diajukan oleh pemerintah daerah. Menurut dia, pihaknya akan memverifikasi berapa kebutuhan riil dari daerah setempat. Sementara itu, dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR ke-

marin, Menteri ESDM Darwin Z. Saleh diminta untuk mengklarifikasi terkait adanya pernyataan tentang larangan bagi anggota DPR dan PNS mengonsumsi BBM bersubsidi. Wakil Ketua Komisi VII DPR Effendi Simbolon meminta pemerintah tidak mengumbar pernyataan terkait aturan yang belum disepakati dengan DPR. ’’Sebab, pernyataan-pernyataan seperti itu hanya akan membuat masyarakat makin bingung," katanya. Terkait hal itu, Darwin mengatakan bahwa pemerintah belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait keputusan untuk melarang anggota DPR, PNS, maupun pegawai BUMN membeli BBM bersubsidi. (jpnn/c2/ais)

Andi Nurpati Mengaku Siap Bertanggung Jawab JAKARTA – Pengusutan kasus surat palsu Mahkamah Konstitusi (MK) kembali menyeret Andi Nurpati ke Mabes Polri. Kemarin (18/7), dia kembali mendatangi markas korps Bhayangkara itu untuk menjalani pemeriksaan dugaan keterlibatan dirinya. Kedatangannya berkaitan dengan pemeriksaan lanjutan dirinya sebagai saksi atas tersangka Mashuri Hasan. Andi Nurpati datang ke Mabes Polri dengan kepercayaan diri tinggi. Dengan langkah pasti, dia membawa sejumlah data pendukung dari KPU seperti dokumen hasil pleno. Kepada wartawan, dia menyebut pemeriksaan itu masih merupakan lanjutan dari Jumat (15/7). ’’Kemarin belum selesai," katanya. Dengan dokumen-dokumen itu, Andi Nurpati ingin menegaskan bahwa dirinya tidak pernah tahu adanya surat palsu tersebut. Oleh sebab itu, data-data tersebut juga siap digunakan sebagai senjata kalau ada yang mau mengonfrontasi. Pengakuannya, surat palsu itu baru diketahui dua minggu setelah pleno penetapan caleg terpilih. "’’Kalau tahu, pasti tidak akan kami gunakan," tegasnya. Karena itu, dia mengaku sangat kaget ketika MK menyebut surat dalam pleno itu palsu. Nah, tidak mau terus menjadi kambing hitam, dia mengaku siap bertanggung jawab dalam kemunculan kasus itu. Disinggung siapa yang harus bertanggung jawab dalam kasus itu, Andi menyerahkan sepenuhnya kepada penyidik. Terpisah, Ketua MK Mahfud M.D. kembali mengapresiasi kinerja Mabes Polri dalam mengusut kasus itu. Dengan tegas, dia menyebut penyelidikan polisi sesuai dengan hasil investigasi

ANDI NURPATI

MK selama ini. Termasuk cocok dengan hasil kinerja Panitia Kerja (Panja) Mafia Pemilu. ’’Cocok sudah. Pelakunya siapa, yang menggunakan siapa," katanya. Dia lantas menjelaskan, sejatinya laporan MK ke polisi hanya kepada Andi Nurpati. Sebab, yang terindikasi kuat melakukan pelanggaran pidana baru perempuan berjilbab itu. Itu sesuai dengan hasil tim investigasi internal MK. ’’Surat resmi MK tidak dia sampaikan. Karena itu, kami melaporkan Andi Nurpati," jelasnya. Nah, terseretnya beberapa nama seperti hakim konstitusi Arsyad Sanusi, Dewi Yasin Limpo, dan mantan juru panggil MK Mashuri Hasan murni temuan baru. Semua nama itu muncul setelah polisi mulai memeriksa Andi Nurpati. ’’Sejak awal, kami yakin polisi tahu banyak setelah ada pemeriksaan. Ternyata benar. Akhirnya banyak yang dipanggil," jelasnya. (rnn/c2/ais)


6

SELASA, 19 JULI 2011

Waahhh sudah laku!!!

MOTOR DIJUAL • HONDA •

Tiger CW ’09 TG1 Htm Ban Bar Tubless Rmot KM 6000 Asli Jrg Pki 18.5Jt Hub 081369488004 BD Jaya Lamteng Revo’07 BE An Sndi Pjk Juli 2012 Tgn 1 Dr br Hrg 7,2 jt Ng 081279116644 TP Revo Fit Th 2011 Bln 4 Plat Kodya Hrg 9.2jt Nego;Hub 9960334 Tiger Cw 06 Hitam 13Jt. Supra X 04 Hitam 6.3Jt,7491556/0815 41383789 Dijual Revo Absolut CW 2010 Plat BE Kdy,h.8.8jt ngo,hb: 7377888 • BAJAJ •

BU Bajaj Pulsar 200cc W.Merah Th 2009 Bln 10 Kond Mls Blm Prnh Jatuh; 082184079999 BU Bajaj Pulsar 135cc Th’2011, Msn ok, Body Bgs Hrg 10.2jt; 7503501, 085366887052 • KAWASAKI •

Jual Cpt Ninja R ’02 BE Hijau Tua DD/CW/Knlpot 2/Racing STD Ori 13,5Jt Ng 0721 9319781 Dijual Kawasaki Ninja 97 Bln 10 BE W.Hijau Hrg Nego;Hub Sandy 087899885606 • SUZUKI •

Titan bru ad 2unit bungkusan Profit lngsng A/n Pembeli 10.5Jt Nego 07219916940 • YAMAHA •

New Vega R 08 Biru 7.75jt, Supra 04 5.75jt,Supra Fit 05 BHtm 5.75jt;Hub 7434353 Mio Sprt CW 09/10 BE Kdya An.Sdr Dri Bru Wrn Merah Marun 8.750Jt Ng 081369 166727 BU Jupiter Z ’09 Biru Hitam BE Kdya Mlus Trwat 9Jt Hub 0878 998581188 • OVER KREDIT •

Ninja RR th’10 bln 6 wrn merah hrg 18 jt,sisa angs 11 bln. angs 1,3 jt per bln hub. 082185021206

MOBIL SALON MOBIL Salon Mobil Profesional Meguiars Jl.P.Morotai-Antasari; Hub 085691516518 Reza, Ber kualitas & Terpercaya

BMW BMW 318i ’99 Ori Hrg 90Jt Griya Assalam Blok P No7 Dekat BP Pertanian Rajabasa Ph 0878 99120898 BMW 318i 93 Ungu Met Orsinil Istimewa Siap Pakai 55jt Ng;Hub 082183090999 BMW 318 Th 97 Original Peng gemar Hrg Nego;08218405831 8/ 081379985456 BMW 530i AT 2001 Biru Met B Tgn I Kondisi Stndar Gres S.Pki 145jt Ng; 081272763467 BMW ’90 PW PS Abu2 Met Plat BE 36Jt Ngo Hub 08136955 3435

DAIHATSU Gebyar Promo Dahsyat Krdt Daihatsu Br Xenia Li DP18.6jt Ang.3,3jt an 4th; Terios TS+ DP 24,3jt Ang.4.5jt 4th &DP 37.3jt Ang.4jt 4th; Luxio DP17,3 jt Ang,3,8jtan 4th;MB G.Max DP14jt Ang.3,3jtan 4th;PU G.Max DP 10jt Ang.2,3jtan 4th Dlm &Lr Kota Pross Cpt Data Djmpt Byr DP Bw Plg Mbl;Simon 7343981-081272194536

Paket Krdt Lebaran Xenia Mi+DP 15Jtan 3,1Jtan 5Th ,Xenia Li DP 16Jt an Angs 3.2Jt an 5Th ,Xenia Li DP 40Jt Angs 2,1Jt an 5Th, Xenia Xi DP 17Jt an Angs 3.4Jt an 5Th, Xenia Xi DP 42Jt an Angs 2,29Jt 5Th Undian Brhdiah Beli Mbl Dpt Mbl Psn Skrg Lebaran Bntr Lagi Hub Mas Anto Astra Mbl 07217333100 /0811721578 Terios TX Adventure ’10 Slvr et TG1 Ful Variasi TV3 Wood Panel Hordeng Jok Klt Bodi Sticker Tribal Cas 180Jt Crdt DP 115Jt Angs 8.3Jt x 9Bln Hb 081369488004 Bd Jaya Terios TX Adventure Manual ’08 BE Silver KM Rdh Ban Serep Blm Turun 081279063126 TP Xenia Xi VVTi Dlx Sporty 1.3cc 09 BE AC RT PWPS Rmt CL Spt Br 129jt;081379062772 Xenia Li ’05 Famili Slvr B RPM Full Variasi Ori L/D Mls Skl BU Ngo Hb 082185050705 Ferosa ’94 Bln 12 Kdy Biru Met Sound Sistem TP AC CD VR BR CL 48.5Jt Ng 082185050653 Xenia Xi VVTI 1300 BE ’07 Pjk Bru Byr,Brg S.Pki,Hrg Liat Brg Hb.07217426733 Taruna CSR EFI Th 2000 Slv 83 Jt atau DP 20 Jt angs 2,2jt X 35 07213622333 Xenia Xi Sporty Htm ’07 KM Rdh TG1 Kond Istmwa Cas/Krdt 085279280708/7194685 Xenia Li Famli’08 Slvr BE 2Din DVD TV HD Rest Jok MB Tech TG1 Rwtan Astra 08197991973 Ferosa G2 (Independent) BE Kdy Hijau Met S.Syst AC PW VR S.Pki 081369432043 Zebra Box Jumbo ’95 Box Saloyo/Alumunium Msn Bgs Pjk Bru Hrg Ngo 081369002954/ 07217562454 Ferosa’94,hiju met,bdy klg, s.sytm,rmt,vr,ac dingn,cd,BE,c/ k,ngo,085279543340 Espass ’96 BE AC RT RD Mlus Sekali Siap Pakai 32.5Jt Ngo Hb 0721-7551722 Terios tx 09 htm AcPwPs fulvar bgs170jt ng/ovr crd107jt ang5.4jtx13bln 9916940 Xenia Xi VVTI 08 Biru Telur Asin,Mls, Siap Pakai BE Hrg 116 jt Hub 082183836666 Classy 91 Hijau Met BE Kdy AC PW Ps, CL RT Nego;Hub 0812 72091947/081541226087 Feroza ’95 BG Biru Met Mlus Siap Pakai Minat Hub 0812 7934069 Taft 4 x 4 Long ’93 Ac Double Siap Hrg Ngo Hub 081379 444199 Jual Pick Up Espass ’02 Hitam BE Kond Mantap Hub 0812 72701555 Gran Max Dohc Th 08 Slvr Met Bdy Cat Siap Pake 0721734 9299 Xenia Li Th 2005 Gold 92 jt Atau DP 25 Jt Angs 2.4 jt x35 0721 3622333 Feroza 94 Hijau Met (BE) VRBR Tape Kleng Orsnl 52jt;Hub 0853 78009600 Xenia 06 Tipe Li Wrn Hitam BE hrg Nego;Hub 085279614000 Taft 86 BE 4x4 Hitam Met Body Msn Bgs Dbl Aktif H.39jt Ng; 085381160777 Xenia Li 10 Delux ’04 Silver TG1 Full Ori 98jt Ng;081272857324 Siap Pakai Xenia Li Plus Deluxe ’08 Silver Cat Orisinil Hub 7580322

Taft 4x2 BE Th 92 Bln 2 W. Hitam;Hub 081379639786/ 0721.9764697 Feroza Mega Top Th 96 Hijau Metalik VR BR Tape AC;0721. 3627542 Taff Heline Ranger ’94 Pth Doble Gardan Nego 081369 257139 Luxio Tipe X ABS Manual Hitm B Pjk Pjg Bln5 2012 125Jt Ng 0721-7927393

CHEVROLET All New Captiva 2.4 New Face, Smart Elect Parking Brake,Ggh & Sporty,Inden Skrg Jg;0812 19133190/0721.253733 Troper ’86 Hijau Met Sgt Istmwa Plat No Cantik Full Modif Hub 081977226667 Trooper 87 4x4 AC PS VR Ban Baru Silver 40jt Nego;Hub 0878 99113387 Trooper Cepi ’84 Bil AP Pintu 5Ban Besar AC PR BR 3665650

FORD Ranger 4 x 2 ’92 BE Kdy PS AC VR CL Ban 31 Siap Pakai Ngo Hb 081279600065

ISUZU Panther Grand Royal 97 Merah PWPS Kond.Bagus;Hub 0853 25746283/085769423295 BU Panter LV ’00 Biru Met PS PW CL ACDB RT VR BR Ngo Hb 085377409045 Panther Bonet Spr ’97 BE, Sporti,S.Pki,Hrg Liat Brg Hb 07217188942 Panther Ls Th 01 Biru Met AC DB PW PS Bdy Cat Ors Sngt prima HB 081379876999 Panther ’01 Tipe LS Silver Gold BR VR PW CL Siap Pakai Hub 081379794455 / 7554454 Panther LV ’10 BE Silver Turbo Hb 08127232535 TP Panther LS Th 2001 ACDB VR AC RT Istimewa;Hub 08127910 7511 Panther ’92 Model Total Assy AC DB CD VR BR PS 081369 513788 Ngo Panther LV ’02 AC Dbl PW Proses dan Bunga Ringan Hb 0721-7471954 Panther Calenger Th 95 Over Kredit 30jt,Ang 14 Blnx16;Hb 085273999992

HONDA Cielo Tipe Accord SU 46 MT 2200cc W.Mrh Ferari ’95 Pjk Br Starlet Cpsul S.BG Ep 81 ’93 Abu2 Met 1300cc Pjk Bln Agust 087899199191 Stream ’06 Htm BE Kdy TG1 Rwtn Dealr Dri Bru Pjk 1Th 100% Ors Smpnn Ban Bru Kf Llumar KM 50Rb 175Jt Ng 0721-9972259 Stream ’05 Slvrtone BE Manual Velg18 4Ban Bru Bridgestone Bodi Kit Jok Klt V-Kool Asuransi Sgt Mls Spt Bru Hb 0856 58944272 Maestro ’92 Pgmfi Manual Biru Met B Pjk Bru Bln7 Sound Sistem Int Rapih V-Kool Bodi Mlus Msn Krg 54Jt Ngo Hb 081369724714 Maestro 92/03 BE Biru Met Mls Mwah Istmwa 53Jt Ng/DP 18Jt Angs 1.5Jt An Bs Tkr Tmbh Timor Hub 085269680000 Jazz ’08 Aqua Blue BE Hub 081379671991 TP Di Jual Cpt CRV ’03 Hitam B Ors Mls 158Jt Ng Hb 081379677445

Civic Genio ’02 Hijau Met BE Kond Prima Siap Pakai AC Dgn Velg 16 085379617155 Accord ’85 BE Hitam Bodi Mls Msn OK Siap Pakai 20Jt Ng Hb 08127928881 Maestro 90 Hijau Muda Met BE Kdy Pjk Pjg AC VRBR PWPS CD H.Ng;085366622266 Jazz 05 BE Kdy Mrh Ferari Idsi VR 17’Spoiler Foglame Hrg 127.5 Jt Hb 081957376334 City Idsi’03,Biru,Plat BE Pilhn, Velg Baru, Jok Klt Asli,Mls Nego 085369556004 Honda Accord Executive’84, Velg 16, Tape,AC,BE Mls Hub. 0721-7430063 Nego Jual Honda Celo Th 95 Mobil Ors Silver Plat B A/T Hrg 60 Jt Ng Hub 08127904559 New CRV 2003 BE Slvr Matic 138Jt/DP 35Jt angs 3,8jtx35 bln 07213622333 FERIO 98 BE Kdy Silver Ors Msn Krg Mnl VR15 Tgl Pkai Gress DP 18jt; 081272407744 NEW City IDSi 04 Matic Hitam BE Kndsi Ors MLs Gress 126jt Ng Jl Cpt;0811794020 Maestro Th 93 PGMFi Hijau Met Kond Baik Serius Hub 0721.7528827 BU Cpt Dpt JAZZ’05 MNL,BE SILVR STONE,PJK BR,AUDIO SSTM, KNDS PRIMA 07217546094 Djl Honda City th 99 bln 02,B,1.5 Exi,Abu Met,Knds rapi& sndr, tngn 2,72jt,0816721477 City Tipe Z 2001 BE Kdy VTech+Irit Silver Met Jual Cpt Khs Pmki;Hb 081369555520 Honda Jazz ’04 Ori Mrah B Hrg 131Jt Minat Hb 08127934069 Khs Pmkai Stream 1,7’05 W. Abu2 Met, Manual. H.163jt Nego Hub. 081279285847 Grand Civic ’90 BE Kdya Biru Met 43Jt Ngo Hb 085279 633885 Pretige ’87 Abu2 Met Remot VR16 CD AC dgn Plat BE 081383662629 Jazz Th 06 VTec Sporty Abu2 BE Hrg Nego;Hub 082183253660 Stream ’05 Hitam Manual Brg Lgka Istmw Siap Mudik Hb 0721-7471954 ALLNEW JAZZ 08/09 Mnl Silverstone Mls Spt Baru Jual Cpt Ng;0811794020 NEW CRV 03 Matic Hitam BE Body Mls Gress 158jt Ng;Hub 7493899 Di Jual Honda Jazz ’05 IDSi B Matik Wrn Silver Pjk Pjg Hub 08127950116 Cielo ’94 BE Orisinil Mlus S.Pkai Hrg Ngo Hub 081379327600 Civic’07,1.800cc AT Htm BE Kdy KM Rdh Khsus Pmkai;0857 68515787

MAZDA Mazda 626 HB / GLX ’86 Mrh Mls BE Kdya 27Jt Ngo Hub 088210819680

MITSUBISHI Kuda Th 2001 Spr Exceed Dsl AC DBL RT VR PS PW Alrm Rmot Orange Met Pmakai Hrg Ng 08127905861 Lancer LX 92 Cat Ori Mesin, Kaki2 ,Sock,Plat Kapling Baru, AC,Cntral Lock,Ban Baru,Abu2 Met,A/n Sdri Hrg Nego Hub.TP 08127943343 TS Pick Up Th 97 Wrn.Putih Pjk Baru;Hub 081379219294

Colt Disel Engkel PS 100 Th 2005 Siap Tempur Pakai Sdri 145Jt Hub 0811794367 Lancer Evo 3 Th 93 W.ijo Btl Ori L/D Sound Pwr USB DVD VCD Siap Paka Jual Cepat;0853 66626675 Lancer Evo 3 Th 94 Hitam Plat BE Kondisi Baik (Orsinil) VRBR Pjk HIdup 55jt Ng;Hub 0821 84916161 (Yudi) Colt Diesel Engkel 4Ban,Bak Besi BE ’06 Akhir, S.Pki, Hrg Liat Brg Hb.08127276123 T 120 MB ’92 AC Dgn Mlus Ban Bru Int Bgus Hrg 25Jt Ngo Hb 3528751/085279999269 Lancer Dan Gan 91 B W.Merah Marun VRBR AC Tape Rmt Hrg 28jt Pas;Hb 0721.7435521 Lancher ’84 BE Kdya Bodi Klg AC Soun Sistem VR Ban Radial Hub 081369390842 Kuda Grandia New Mdl ’04 B Biru Slvr Pjk Bru Disel 115Jt Ngo Hp 081272456162 L300 PU 03 Hitam BE Kdy Pjk KIR/SKU/IBM Hdp 78jt Ng; 08127941669 TS 120SS PU Pth 05 BE LU Pjk, KIR,SKU,IBM Hdp S.Pki 47Ng; 087899068754 Glant V6 ’94 Matic Trwt VR16 Ors Trwt Msn Stp Matic OK 45Jt Hb 085838160008 Lancer Dangan 93 Hitam BE kdy AC PWPS VR Orsnl 40jt Ng;082183698567 Pajero Sport’2010/2011 A/T Exceed Tgn 1 Putih Mls Hub 085216178036 Kuda Grandia ’03 Brg Ors Hrg 103Jt Ngo Hb 081369157298/ 081369391938 L300 00/01 BE Pjk Pjg Plg DP 26jt Sisa 1.9x31Bln;7356550 Kuda Grandia 16 Bensin ’02 BE, Hitam Silver 081369257139

MERCEDES BU Sgr Clasic ’71 Bbl Hobi Int Full Mb-Tech Full Audio 2Tv Lcd Blkg VR19 Ban Baru Retro Style 50Jt Ng Hub 082181260008 Mercy Th 89 300E Hijau Metalik Two Ton, Vr 18, Mp. A/N Sendiri 087899607444 Mercy ’89 300E Coklat Mulus PW PS AC Hrg 75Jt Ng Hb 08197921000

SUZUKI New Baleno’05,Hitam,Matic,B 2411 an,Surat Lkp(09-13) Tgn Pertama Jl.Basuki Rahmat 87Pengajaran TBU BDL Hub. 081279490267 Suzuki Sidekick Dragone’96, Cat Ori,Sound,Int Rapi,Msn Sehat,Ban Baru,Over Krdt/Cash 37jt Ng Ang 2.380 x 20 Tlp. 0852-79896365 Baleno 2001 BE Kodya Hijau Met Mesin Bgs Body Klg;Hub 081379793612 Amenity 1.3’91,BE,AC, PW, Body Ori L/D Mls,Msn Ok, 31 Ng; 081977118000 Carry Extra 1.0 MB Bdy Ori Jok Bad Leding Asli Alexander Brg Istmw;081369337009 APV Arena GL 2008 Abu2 Tua Spt Br 118 jt/Dp 28 jt angs 3,2jtX35 07213622333 SWIFT ST Sport 09/08 Body Custom Ungu Met BE Mls Spt BR 128jt Ng;0811794020 Carry PU ’94 Wrn Biru Sasis Bgs Msn Bgus Hub 08136900 2954/07217562454

Futura Box 15,th 04,wrn htm, bdy msn sasis mls,s.pki,pjk kir pjng,55jt ng,081369695555 Esteam ’04 AC RT PW PS VR BR Alrm Istmwa 45Jt Ngo Hub 085279182555 Futura Pu ’09 Be Pjk Bru Wr Biru Kndisi Ok Siap Krj C/K Hrg Ng 081379705550 Futura PickUp 93 hitam Cat Mls, Bak Br Msn & sasis bgs Pajak Br 081369337009 Jimny Th 84 Bdy Katana BE Biru Mls AC VR BR Nego 0821 81312930 Grand Escudo XL-7 BE ’04 Kondisi Mlus TP Hub 0812 72007868 Amenity 90 BE Kdy AC Dingin VRBR Audio An.Sndiri 28jt;Hub 7373755 Escudo 94 BE Wrn.Hijau Hrg Nego;Hub 081279058819 Baleno 97 BE Silver Hrg Nego; Hub 0721.7188058 Sidekick 97 Merah BE Hrg Nego;Hub 081272101613 Forsa 86/87 BE AC Ori Bodi Klg S.Pake 20Jt Ngo Hb 0857 6892229 Baleno ’97 BE Kdy Mrh Pjk Bru S.Pki Cas/Krdt Hb 0852792 80708/7194685 APV X ’06 HTM BE KDY FULL ORG HRG 115JT NG HB 0856 69623333 Katana 91 Kodya Bdy Klg Mesin Kaki Oke 36.5jt Nego;0852697 39335 Jimni Katana ’87 BE Msn Bgs Cat Mls Hrg 26Jt Ng Hb 7140034 Jl.I.Bonjol Vitara 4x4 ’93 BE Kodya Pjk Pjg Msn Bgs Nrml Semua 0813 79793612 Futura PU ’08 BE Biru Pjk Bru 081369257139 & cary Mb10 ‘97

TOYOTA Kjg Jntn G Executive Raider’93 akhr,ACDB,B,VR,PS,PW,Wiper,Biru Silver,Sarung Jok,RT,Msn+Bdy Sip,Pagi Msh Ngair,54jt Ng Mumpung blm lbrn Naik 081369354333 Wow! Pesan Tyt Skrng! Brhdiah Alphard! 100% Baru! Avanza, Inova, Hilux,Yaris,Fortuner, Camry & Smua Produk! Nego Abis Sblm Lebaran, Csh/ Krdt/ TT;Hub Haikal Auto 2000 0811728287/7432928 Inova G 2005/2006/2007 Euro Silver & Hitam BE Istmwa 157/ 167/178jt atau DP 40jt Ang 4.2x35 Bln;0721.3622333 Kjg Original 96 (1.8),Dasbord Sedan, Long,6 Spd,BE Kdy,Pjk 1th,Mdl Grand Extra,Hrg 65jt Ng;Hb 081379132888 No SMS SOLUNA XLi ’02 BE KDY AN.SDR BIRU MET JOK KLT AC VR BR RMT S.SISTEM JUAL CPT NG 08127935271 Landrover’83 Ori 5 Ban Bru AC PS Pres Jok 75Jt Ngo Jl Puri Besakih Blok Q No 2 TP Puri Wayhalim 08127203312 Starlet ’95 Biru BE Msn Hls Bodi Klg AC Pki Sdr Trwt 60Jt Ng 706345/085269085566/ 085769466609 Corolla All New ’97 BE Biru Head Lamp Crstl AC Jok Klt Msn ok 73Jt Ng Hub 085269111650 / 081369559300 Kjg Astra 6Spd ’89 BE VR AC DVD Long Bodi Grand Pjk Bru An.Sdr 42Jt Ng Hub 0821 75946448

Inova 2,0 G ’08 Abu2 B KM 31Rb Cas/Krdt 198 Jt Ng Hb 0811723457/7411299 Rush Type S Matic’10,Hitam Met,BE, Pjk Bln3,Bangku Sdh 3brs,Hrg Ng 08127954834 New Corolla 1.8 ’00 Coklt Met BE Bodi Mls Siap Paki Hrg Ngo Hub 0819690004 Kjg LGX ’03 1.8 Hitam BE Soun Sistem Istmwa Variasi Ban Bru Hb 081369596900 Kijang LSX ’02 Merh BE Kodya TG1 Trwt Mls Full Aksesors LGX 081369370900 Inova G ’05 BE Kdy Biru Met, Ori,BR,TR, Ng Hub 08137985 6161/07219766981 Kjg PU Box 2002 BE Kdy Ban Baru Asuransi Hrg Nego;Hub 081929888467 Toyota Vios ’03 BE, Slvr, All Risk, DP 40Jt Ng Angs. 2,925x 33Bln Hb 9011099/0821845 99990 LSX EFi 1.8 Bln 10 TH 2003 Silver Met AC Dingin VRBR Mirror C.Lock Ori Hrg Nego;Hub 0816409653 Rush ’08 S Htm Ass All Risk Prwtn Dealer Mls Sprt Bru Variasi Kc Film V-Kool 168Jt Hb 08117208881 LSX New 04 Bensin EFi 1.8 BE Kodya Biru Pjk Baru Mulus;Hub 0721.7414040 Kjg Lgx ’04 Silver BE TV DVDF ACDB TG1 Pjk Bru Mls L/D 082184791878 All New ’97 Abu2 AC Tape MP3 Full Sound Sistem Velg16 Mlus 08127200961 Kjg Super G Long ’05 Kdy Mls, Trwt,AC,Pwr Strg,Hrg Liat Brg 082183035524 Starlet ’87 BE Kdy,Mrh, Racing, AC Dingin, Siap Mudik, Ngo Hb. 081272804856 Kjg SPR ’89 BE Kdya Hijau AC VR DVD TV BR U/ Pmki 6Spd Mls 45Jt Ng 085664279944 Crown Spr Salon 00 Cklat Md Met Mbl Mwh Tp Irit Lux Ori Istmwa 85jt Ng;082183090999 Inova G Bsn 08 Plat B Pjk Bln 5 Htm Kmplt S.Pki BU 188jt Ng;Srius Hb 0811721532 Bs TT Kjg MB’88,BE Kdy,Wrn Hijau, Cat Baru, AC,VR/BR,Hrg Nego 08153059377 LGX 20 Mrh Maron Met Kaca Film V-Kool 2002 Orgnl B Mls Hub 081369025025 KJG SPR G BE KDY (PROSES) ABU2 MET PSPW MLS S.PKE 08127937589 Kjg LGX Disel Th 2001 Wrn Merah Maroon Hub 0812 7210979/089631238771 Kjg Super Thn 88 Wrn Biru Met BE Pjk Bln 4 Lampu-Ram Grend 6 Spit Hb 081379298888 Avanza Vvti 2007 BE Slvr 127 Jt atau DP 35 Jt Angs 3.4 Jt x 35bl 07213622333 Rush G 2008 Slvr Istmw 168 Jt Atau DP 42 Jt Angs 4.6 Jt x 35 Bln 07213622333 Kjg Spr Astra 92 6spd BE AC Tape Mulus L/D Siap Pkai 48.5jt Ng;081369649260 GREAT 1.6 SEG 93 BE Kdy Ors Trwt Msn Krg Pjk Pjg Ban Br T.Kcw ; 085279614000 Kjg Spr G ’94 B Long Mrh Met PS PW ACDB VR BR RT Hrg 60Jt Hb 081279144119 Kjg Spr ’92 BE AC Dbl PW PS CL Rmt VR Ban Bru MP3 Sgt Mls 57Jt 081369596112

Kjg Grand Rover ’94 Abu2 PS PW DB Trwt Mls BE Ng 0857 68651403/085769690105 Innova E 05 BPKB 06 Bsn Htm Met Ors Sen Spion F.Step Int.Rapi 142jt Ng;081379556 500 Corolla DX 83+ BE pjk Br L/D OrsBd Mls Klg Msn Ok Ori 30jt;082159300995/9771414 Innova V 05 Bsn Biru Met Pjk Baru Mls Orsnl KM 67rb F.Vrsi 162jt Ng;08127978296 Kjg LX ’02 BE Kdy Pjk Br Kond S.Pakai Cas/Krdt Pross Cpt 085279280708/7194685 INOVA MATIC ’06 AVANZA G ’10 AVANZA S ’07 FULL ORG NGO HB 085279805927 G Corola Seg ’95 BE Biru Met, Pjk & Ban Bru,Bs Kredit, Ng, No Sms 0811790211 Kjg Spr Astra Asli 91 Ac Dobel, Vr Body Gres Dlm Rapih S.Pake 44.5Jt 085279007272 Kjg G.Extra 92 Ahr AC VRBR RT CL Cat Mls Body Klg Hrg Liat Kndsi;081369962010 Innova V 06/07 HItam Manual Nopil Service Record Astra Istmw 175jt Ng;081272017060 INNOVA G 08 Euro 2 Hitam Mulus Gress Spt Baru Jual Cpt Ng;0811794020 Kjg Astra Ori ’92 Akhr Kdy Htm Spender Grand PS VR AC DVD 57.5Jt Ng 081369241011 Yaris S AT ’06 Akhir Merah Full Ors Istmwa Hrg 138.5Jt Ng Hub 085382007308 INOVA G VVTi 2008 EURO2 BE KDY HTM MET KONDS PRIMA 081279109500 TP Kijang PU’88,wrn merah,Pjk bru,Konds sngt mls,hrg.40jt,hb: 0853.7788.2288 Kjg Spr MB ’89,ac,db,tp, vr,br, hiju met,mls,BE kd,pjk br,mdl grd,081379954696 Kjg Spr G’93 Long,BE, birutua, Int Ori,ACDB,PS,Mls,S.Mudik, Ng.085379773031 Inova E 05 Silver BE Kdy Aud Pwr Bass TV KF S.Jok VR Spoilr 143jt Ng;081540820769 Corolla DX 82 RPM AC Dingin VR Brg Mulus Siap Pakai;Hub 081272250101 Super G 95 BE Pjk Baru PS AC Dobel VRBR W.Merah;Hub 085378755331 TP INOVA G ’05 B PJK PJG GOLD MLS TRWT TG1 S.PKI 149JT NG 082124412234 Avanza G’2010 BE Silver, Plg DP 63jt Angs 37x23Bln Ex Wanita 08117200037 Avanza G’09 Abu2 Met BE Kdy,Khs Pmki, H.Ng Hub. 0852 69359292/9911584 TP Corolla great 92 Htm BE Kdy AC PWPS VR Ors Cat Istmwa 62jt; 082183698567 Kjg Rover 91 Hitam AC VRBR, P.Stering Hrg 40jt Ng;Hub. 081272522842 Di Jual Mobil Harier Th 2006 Wrn Hitam Hub 08127201300 LGX 1,8 ’03 Hitam BE Pajak Bulan3 Mulus L/D Hub 0856 69734488 Kjg MB ’96 Merah Met Kodya VR TR AC Hrg 70Jt Ngo Hub 085279278555 Fortuner 09/10 Diesel BE Matic Silver Met 081220042945/ 9772478 Krista Bensin ’04 Silver B Matic Cat Ors Cas/Krdt Hub 0811 729388


SELASA, 19 JULI 2011

7

Waahhh sudah laku!!!

HIMBAUAN KEPADA SELURUH MASYARAKAT WAJIB KTP KABUPATEN PRINGSEWU (BERUMUR 17 TAHUN / TELAH MENIKAH) UNTUK DATANG BERAMAI-RAMAI KE LOKASI PEREKAMAN DATA KTP ELEKTRONIK MASSAL SESUAI DENGAN JADWAL YANG TELAH DI TETAPKAN DI KECAMATAN MASING-MASING SELAMA 100 HARI DIMULAI PADA TANGGAL 1 AGUSTUS 2011. UNTUK TERTIB DAN TERLAKSANANYA PROGRAM KTP ELEKTRONIK TERSEBUT MAKA SETIAP WAJIB KTP HARUS MENUNJUKKAN : 1. SURAT UNDANGAN PEMANGGILAN DARI KECAMATAN, 2. SURAT PEMBERITAHUAN NIK, 3. FOTOKOPI KK SIAK DAN 4. FOTOKOPI KTP SIAK. BAGI YANG BELUM MEMILIKI KK SIAK AGAR SEGERA MEMBUAT KK TERSEBUT KARENA MERUPKAN SYARAT UNTUK MENDAPATKAN KTP ELEKTRONIK.

KEPALA DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN PRINGSEWU, KALMANSYAH, SH

Kjg LGX’07 Bensin Wrn Hijau Met Plat B Hrg 82Jt Ngo Hub 081365615258 Kjg G ’92 AC CD VR BR PS Cat Pjk Bru 07217533729 Ngo Corolla Twincam ’88 BE Kdy Hijau Muda 35Jt Ng Hb 0852 79633885 KJG MB 92 PROSES BE BIRU AC VR RT HRG NG HUB 0721 7316057 Rush S’09 Manual, Hitam, BE,An sdri dr baru Hub. 0812 79106790 Altis G Th 03 Htm Met Bdy Cat Orsnl Sngt Prima Hb 0812 72840499 Vios G Matic BE 2003 Htm DP 28 Jt Angs 3.4 x 31bl 072136 22333 INNOVA V 08 Euro 2 VVTi Silver Met BE Mls Spt Baru 205jt Ng; 0811794020 Corolla DX ’82 RPM Merh Ferari VR 13 CD AC Dgn Istmw 082183386012 Corona 1600cc ’97 Silver Kond Bgs 60Jt Ngo Hb Icha 0811 796410 Fortuner ’07 G BE Kdy Bnsin Pjk Bru Asuransi Hrg Ngo Hb 081369210666 Toyota Kjg LSX ’97 Disel AC BR BE 92.5 Hub 081272825578 Toyota Great Corolla ’93 Wrn Silver Hrg Ngo Hub 081279065 20

Inova Tipe G Th 05 Wrn Htm Bnsin BE Hrg Nego;Hub 0812 79544441 Kijang Rover Th 90 Plat B 35jt Nego;Hub 081369222304 Great Corolla 1,6 SEG’93, Htm, BE Kdy,Klg.H.66jt Ng Hub. 085279278739 New Altis ‘2010 BE Hitam Low KM Ass All Risk Hub 0812 7910820 Kjg PU ’95 Brg Istmwa Hrg 50Jt Ngo Hb 081369157298/0813 69391938 Kjg Rover ’92 Plat B Wrn Biru Met AC TAPE VR Hub 081379 118273 Corolla DX ’82 Wrn Biru Siap Pakai Ngo di TKP Hub 0821 81305050 LSX Bensin Th 2003 BE Kota Pajak Baru W.Hitam;Hub 0811 793352 CARI KIJANG INOVA 20052007,HUB:RUDI 081379044331 LGX Diesel 97,BE,Kodya,cat orsl,h.98jt ng,pmki,081540912599 Kjg MB ’86 Bodi Spr BE Msn Bgs Cat Mls 28,5Jt Hb 7140034 Jl.I.Bonjol 292 Camry ’03 Wrn Hitam BE DVD KF3M Manual Mlus Hub 0853 69950888 Kijang lgx 1.8 Bensin ’97 Biru Met BE Kdy H 99Jt 081540 876431/7431447

Corolla SE Saloon 85 BE Merah Met AC Tape Hrg Nego; Hub 08127910486

APARTEMEN

RMH LT/LB 535/220 SHM 4KT 3KM GRASI LSTRIK 1300W JL ANGGREK 12 BLKG GD. PUSIBAN KELAPA 7 KOTA BUMI 295JT HUB 081379 432000 / 0721-787707 Jual Cpt BU 2unit Rmh (gan deng),Perum BKP Blok L, 149/ 150,Tp 36,Hrg 85jt Nego Hub. 0721-3631182 / 08536837 3203 Jual Cpt LT 112m2 LB 112m2 3KT 1KM Lstrik 450W Almt Jl Kopi No 17 Gd.Meneng Rj.Basa 170Jt Ng 082176422887/0852 79692445 Jual Rmh Tipe 70/90 Taman Kedamaian Asri Blok G/4 225Jt Nett 085768768708 Perum Wana Asri,Jl.Cendana A10 No.12 Lk.pura,H.140Jt Hub.0811798431/252573 Rmh Pramuka Gg Hj Maherat RjaBsa SHM LT 906 LB 250 Hub 085213040075 Rmh Tua SHM LS 430m Jl Ks.Tubun BDL Hub 081808 905757/081387780123 Di Jual Rmh di Villa Citra Blok V No 10 TP Hrg Ngo LT/LB 144/ 100 Hub 08154053016 Dijual Rmh Tp.48 Blok D No.3, Tp.36 Blok F No.12, Perum Gunter I,Bs Nego Hub.0821 80670851 Tnp SMS JUAL RMH DI JAGABAYA II GG KANCIL 2KT 1KM SHM PAM KRMK NG 081379856161/ 9766981

Jual Rumah:Perum Pemda Way Huwi LT.150/LB.36;Hub 085279329708 RMH Jl P.Alam Gg Lambang 44 SHM LT 394 m2 7KT 4KM Grasi J.Pump List 2200W 500Jt Ng 081386633222 Jl Jati Gg Duren 33B Tjg.Raya BL L 150m2 2TKT 4KT 2KM Hrg 175Jt 085379496910 Rmh 3KT,grs,Jl.Perintis Kemer dekaan 081279761999 blkg Indomaret Jual 4KT 2KM 2LT List 1300 SHM Pm Glora Persada F/6 Rj. Basa 160Jt Ng 081381706618 Rmh Perum Tirtaysa Garden Blok C No 2 Skarme 70Jt Ovr Krdt Hub 085269160284

Apartemen Serpong TOWN Square (SETOS) & BED ROOM Full Purnish Strtgis Dpinggr Jl Tol Merak-Kbn Jeruk Jkt,Dkt Perum Alam Sutra & BSD Mhdap Water Park Marcopolo; Hb.081288847300 /087899 59777 (NO SMS)

RUMAH DIJUAL Rmh Bru L750m2 4KT di Dlm,2KT di Luar,1Pav,S.Bor, 2KM,Full Krmik,Hal Luas,Full Paving,Bs 6Mbl,Cck U/ Doktr. Jl Untung Suropati (SPN) Gg. Masjid No.33 Kel Beringin Raya Kmilng 550Jt Ng Hb Abi 0819 57193939/085769960665/ 0811728333 RMH DI JUAL JL. KHAIRIL ANWAR NO 45/10 PALAPA DURIAN PAYUNG LT 654, 2LT, 4KM BWAH ,2KM ATAS, AC, AIR PANS, HRG 1,7M SHM HB 08127967735 Rmh Pagar Alam Residence Kav 71/72 LT/LB 120/40,122/40 Ada Tmbhn Bgunan Hrg @ 260Jt Hub 081386387000 / 081272338822 Di Jual Rmh 2LT Jl A.Rahman Hakim No TR 7 WHP Lok Pgr Jln 2Jlr WHP LT/LB 243/190 SHM Hub 021-93774766 / 0857 69417437 Griya Gembira No 3 W.Permai 3KT 3KM 3AC Grsi Gudg LT 300m2 Ng 082184218888

OPEL Blazer Dohc Th 2000 BE Biru Tua Hrg 58 jT atau Dp 25 angs 1.4x35 bln 07213622333 Vectra ’95 Hitam Mlus BE Kdy Pjk Pjg Siap Pakai H.31,5Jt 081373685340 Blazer LT ’02 Brg Bgus Hrg 73Jt Ngo Hb 081369157298/081369 391938

Grand Livina ’08 BE MT Orange Met Pjk Bru Service Dealer Rutin 140Jt Ng 7171666 Xtrail V Grill 2005 Matic Htm BE Hrg 168 Jt atau Dp 40 jt Angs 4.6 jt x 35bln tlp 07213622333 TERANO 52 THN 2005 BE PILIHAN HTM HRG 135 JT ATAU DP35JT ANGS 3,6 JT X 35 07213622333 LIVINA XR AT ’08 BE KDY FULL ORG HRG 138JT NG HB 081379193333 ALLNEW Xtrail XT 09 Manual BE Mls Gress KM Rndh Spt Baru 249jt Ng;0811794020

OVER KREDIT

BENGKEL MOBIL

MOBIL DI CARI

NEW STAR AUTO Pengerjaan Standar Dealer Menerima Service Mobil Eropa,Jepang, Korea. O/H Engine, C.Lock, P. Window ,Ganti Oli, AC, Perse nelling ,Gardan, Sparepart, Komputer Diag nosis,Alamat Jl Mr Gele Harun No.10 R.Laut Pahoman; Telp.263959, email: starauto 10@yahoo.com, Emergency Call:263959 (Home Service)

kJG 89,h.30jt ng,ex Salon 86 28NG,Mazda 626 Th 89 H.20jt ng,081271769398

Jl Tnh 50x14m Jl.R.Saleh Imba Kesumayuda Skrme II T.Btg Brt; 081271186259 Jual Tanah dan Mata Air Hub 0721-9007973 Tnh 400m2 Lok Hux Jl Persada II Lwt Prum BKP Kmling Hb 081272414977

PEUGEOT

CARNIVAL 01 BENSIN A/T ABU2 MET COMPLITE HRG NG HUB 07219017957 Carnival Bensin Thn 2000 Met Kndisi S.pke BU Tlp 0853 81559777-0811725647

PEUGEOT 206 AT 2001 SLVR AC DVD JOK ASL KLT PW PS ISTMW CAS 75JT/CRDT DP 27JT ANGS2.089RB X35 991 6940 BS TT

NISSAN

JEEP

Info Nissan Br/2nd Livina, Xtrail Juke Dp.10% Bng Rdh,Cpt Hrg Mngkt Hb.MIRZA 741033308127975725

GRAND CHEROOKE ’02 B MRH MRUN ISTMW MODEL TRAKHR 255JT NGO HALUS HUB 0811729388

Ovr Krdt Xenia Xi Spoty Slvr ’10 Bln9 DP 40 Sisa 3.818 X 38Bln Hub 081279155798 Ovr Krdt BMW 318i ’07 Brg Istmwa Siap Pakai DP 32Jt Angs 1.898.000 x 32Bln Hub 0813 69494666 GrndMax’08 Optm MB 9x3981 Rb Dp75jt,Htm,Spoilr,2Bmper 081272782777 (Ng) Xtrail 2004,matc,hitm met, konds mulus,spki,DP 44jt cicilan 6.29jtx22,082178230888 Kijang LX UpTh’00 Biru Met Full Acs. Pjk Pjg Dp 33Jt Angs. 2,425Jtx35Bln 082184925024 Avanza Type G Th 2011 Wrn. Hitam BE Kdy DP 25jt Ang. 4.5jtx43;Hub 081927954159 Mits Evo 4 Lancer Th 2001 Dp 25 Jt Sisa Ang 31X2.850 Rb 34 Jt Sisa Ang 28x Hub 081541 288384-7575943 Timor 01 Ex SO BE Audio PW Plg DP 18.5jt Ang 1.2x19 Bln Cash 39.5;Hb 081369185446 Jazz Vtec,Auto Metc,th 2005, Hitam,B Pilihan,plg DP.70jt,ang 3.317rbx25bln,hb:0812.79054444 Timor’97 DOHC,PSPW,VR, Rmt, biru Mlm,PD:24jtNg Angs 1,6jtx 9Bln, Bs Tkr mtr 0852 79977791 Xenia xi 07 Htm BE Kdy Over 35Jt Angs 3.845x26 Bln Knds Bgs. 085269956333

Rmh Jl Pramuka Gg Karya 8.5Jt Pertahun dan Perum Antaari Permai B 10 8Jt Pertahun Hub 085768683901 2TK 5KT 2KM Hal Luas Jl Morotai Gg Sdrhana No 27 Dpn Dome 081279569690 RMH DI PRUM GRIYA ASRI BLOK I NO 21 GD AIR 3 KT 1 AC FASLTS LKP 15 JT/THN 07217544117

JUAL TNH BNGUNAN LS 1.366 SHM BGNN GD 12 X 15 KTR 9 X 12 IMB LKP JL SUHARTO 300M DARI JL P.TIRTYSA TJ.KRG TIMUR SBLM SPBE KE ARAH GD AMAN JAYA HRG 850JT NETT HB 0811722018 Di Jual Tnh L 12.360m2 Dekat Lap Golf Skarame Srtifikat Isi Pohon Durian Duku Rmbutn Hrg Ngo 081379189555 / 0878 99820444 Tnh UK 20.000m2 Lok Waylaga dan Baru Ranji Uk 22.000m2 Hrg 30.000/m2 Ng Mbl Bsa Sampe Lok Hub 081379430333 NO SMS Di Jual Tnh L +/4Ha /4,1Ha Jl Sepakat Dekat Jl I.Bonjol SMP13 Kemling Cck U/ Perum Elit,AJB,Srtfkt Hub 08127335 4407/082183662089 Tnh Kavling Cash & Krdt Blkg Swalayan Millenium & Blkg Bandara Rd.Intan (Rjwali) Natar;Hub 081540055543/0853 80333416 DI JUAL TNH 3000M3 SHM JL FLAMBOYAN TENGAH KEL. LABUHAN DALAM KEC. TJ.SNENG KOTA BDL HRG NGO HUB 085269800825 Tnh Ls.324m di CITRA GARDEN Blok D2-7 Royal Garden Kwsan Exlsive & Strtgis Hub 081288847300/ 08789959777 (NO SMS)

MURAH DAN CEPAT SEBID TNH DIPALAPA10 BLKG UBL DKT PRUM TMN PALAPA INDAH LS 329M2 SHM HRG NG TP 085380501920 Jual Tnh 300m3 Jl P. Tirtayasa Gg H.Sulaiman Campang 3Rts Rb/m2 081379877791 TP SHM 400m Blkg Hino Hj.Mena SHM 353m Darusalam LK.Putra AJB 400m Jt.Mulyo 081279 53230 Dijual Tnh Ls.774 m2 SHM Jl. Palapa gg.Sebri Said Lab.Ratu Lok.u/Kos2an;Hb 254377 Dijual Cpt Tnh 2 Kav @15x20m Jl.H.Wuruk Gg.Rukun SHM;Hub 081379638888 Di Blkg Cucian Gading Putih LT 900M2 (20 x 45) shm 175rb/m 081391470984 no sms Tanah Ls 1276M2 400 Rb/M Jl St Jamil Gd.Meneng BDL Hub 07217544117 Dijual Tnh Daerah Keteguhan Jl.Sulaiman I, Ls 373M dan Ls 1107M Sdh Srtfkt 3688397 Tanah SHM Luas 580 m2 Jati Mulyo Dekat SPBU Rp.80jt; Telp.081384763369 Tnh SHM Ls.572m2 Jl.Pulau bangka Sukabumi Indah,Hrg. 350rb/m Nego Hub. 07213631182 / 085368373203 18X18 SHM HOOK PONDS KEL SMUR S.BNGUN GG.PU DKT DCC 125JT NG 0852 690390799

TIMOR SOHC’96/97 Abu2 Ungu Met, PW,PS,Rmt,AC.T.Belt,Shock br, Hrg 37,5jtNg. 085381130033 Timor SOHC ’97 Bkn Ex Taxi PS PW AC Tape BE Pjk Bru 34Jt Ng Dikit 07219053129 DOHC 00 Mantan B Mati 3th Fktur AC Dgn CL PWPS Mirror Slvr Int Ors 30jt Ng;7487800 SOHC 97 Asli BE VR AC PW PS CD Nopil BE 1881 FB Mls Rph L/D 082180488778 Timor DO th 00,BE kdy,Biru Met,Full Ac,Ban17,Tape,bkn ex taxi,085269653113 Timor DOHC’99,AC,Tip, VRPW CL,EM,Pjk Br Hub.081279 586878 TP Timor SOHC ’96 Biru Met PW PS Hrg 43Jt Hub 0811796991 Timor 98 Body Gres, Msn Oke, kaki2 Empuk, Siap Pake 44jt Hub.7532410 DOHC 2000 BE Kodya Mesin Bagus Body Orsinil;Hub 0813 79042252

RUMAH DIKONTRAKKAN Dkontrkn Rmh 3KT +1KT Pmbntu +2KM ,Grasi,Lstrik 1300,Smur Bor Jl Blora No.37 A BDL Hub 081379115577 Dikontrkn Rmh 2KT 1KM Perumahan Antasari Permai Jl.Krakatau V Blok C No.16;Hub ATOR 081369289247 Dkontrkn Rmh di Jl.P.Emir M.Noor Komplek Bi No.C8,4KT 2KM,2220W,PAM,Grsi Luas, 081540952498 LT /+1000M2 LB 13 x 15m2 KT4 KM3 Lstrk 1300W Hb Bp Budi 082180472472/773967 Perum Puri Hijau Blok DA No.1 Jl.Tirtayasa Skrme BDL 2Km 2Kt AC 08127976027

TRUCK Wow! Siap Cari Untung! 100% Baru Tyt Dyna 130 & 110 PS Csh/Krdt 4th;Hb Haikal Auto 2000;0811728287/7432928 Colt Disel Mitsubishi ( Tangki Minyak Tnh Non Subsidi )’04 Jl.Nusa Indah No 49 A Rawa Laut BDL 0811796539 / 0812 72788552 Dijual Mbl Box Th 1995 PS 120 Dgn Hrg 95 Jt Ng 07217353190081279529333

KIA

RUKO Di Jual/Take Ovr Ruko Auto Part 2LT Jl Arif Rahman Hakim No 12A Hub 082176743860 BU Ruko 5 x10 3Unit @ 3LT Lok Kedamaian Nego NO SMS 255833/08129348681

TANAH Jual Tnh 3bdg Pgr Jl Aspal Pds Kll Cck U/ Rmh Tgl/Kost Jl Swah Baru(Blk Unila) SHM 675 m2 250Jt Jl Senen (Blkg Poltek Unila) AJB 970 m2 150Jt Jl Senen AJB 970 m2 150Jt Jl Senen AJB 530 m2 sdh Timbun (siap Bangun) 110Jt Hub 0821 80464343 No SMS LS 1.501m2 HGB Hrg Ngo Jl ST. Badaruddin Gg.Damai Sgl Mider Tj.Krng Barat 081118 9910/081379081953 JUAL CPT TNH KAV CITRA GARDEN B I NO 2 CLUSTER TERRACE GARDEN HDP DANAU LT 182M2 0858408 79731 (NO SMS)

DAEWO Daewo Matiz ’02 80cc Wrn Biru Plat B Hub 0721-7389077

HYUNDAI Hyundai Trajet 01 Htm 3TV Sound System 5 Kursi Istimewa; 085378009600 Elantra 95/96 BE Kdy Biru Met AC Dgn Orsnl Siap Pkai Hub 0721.7494658 Hrg Ng Elantra 96/97 Wrn Biru Met AC CD VR Mulus Istmwa 45Jt Hub 0819696656 Atoz Th 2002 Wrn Hitam Hub 08127210979/089631238771

MOBIL DIJUAL Tyt Engkel Box 2006 & Szk Carry Box 2006 BE Pjk Br Mbl Bgs2;08127922541 Mbl Antik Fiat 1958 BE Kond. Bgs Msn Bgs;Hb.08136910 3519/082176618888 Kjg Jntn G Executive Raider’93 akhr,ACDB,B,VR,PS,PW,Wiper, Biru Silver,Sarung Jok,RT,Msn+ Bdy Sip,Pagi Msh Ngair,54jt Ng Mumpung blm lbrn Naik 081369354333 Maestro 92/03 BE Biru Met Mls Mwah Istmwa 53Jt Ng/DP 18Jt Angs 1.5Jt An Bs Tkr Tmbh Timor Hub 085269680000 Jazz ’08 Aqua Blue BE Hub 081379671991 TP

MOBIL DISEWAKAN Anugrah Rent Car sewa Inova Trbaru Avanza Trbaru Hb: 08127970176 / 0721-7462916 PUTRI RENTAL Sewa Kjg 04,Avanza 07, Innova 07;Hub 786074-706332-081369228648 BINTANG OPTIMA Rentcar Supir Ramah, Rapih, Sopan Tlp. 081379312325 Samania Rent.yg dipercaya prshn bsr &Artis Ppn Ats,Avz/ Xen/Inv:200-350,Drop, Taxi, Privat Stir:50-100,P-Up,Sdn Pgntin Hb.7344447/9901230 CV.SRIKANDI Lengkap, m e w a h , A l p h a r d , C a m r y, Fortuner,pajero sport,Double Cabin, Inova,Avanza 08136969 5051.MBL PENGANTIN. Paris Wisata Rent Car Inova, Avanza, Kjng, Kpsul,Xenia 7474015/ 08127901658 PUTERI SION Rnt Car,Inova, L G X , P a n t h r, A P V, A v n z a . 081272889192-270377

MOBIL PENGANTIN

RICARDO MATIC (MITRA)

Dswkn Mbl Mercy New Eyes W.Silver,Dpt Disewa Harian. Minat Hub.0721-7361700/0811 728117

Spesialis Mbl Matic,Jepang, Eropa, Korea,Mitra Binaan Ricardo Tangerang;Hub Bengkel Star Auto; Tlp 0721.263959

KOS-KOSAN KHSS WNT MSLMAH FAS TMPT SHLT DPR R.MKN TV SGT CCK U/ PLJR MHSSW PGWAI TRLTK DI BLKG POLRSTA/POLTBES BDL GG PIONER BLKG BANK EKA MINAT HB 0852 69801999 Trma Kost Thn’n 2.5jt Bln’n 250rb Kmr mnd dlm jl. pramuka gg. Alun-alun No.46 rjbsa Hub. 0857 69900617 Djual Kos2an Baru 17 Kmr+Km Dlm+List.2200W+Smr Bor+ Krmik Srtfkt Ls Tnh/Bngunan 310M,Lok blkg centerpoint, Jl.Raden Fatah Tj.Krg Pst, 0821 85000125 KOST BRSH,AMN ANGKOT LCR JL.KAMBAS 2 PRMH WANA ASRI KMLNG,350RB/ BLN; 081927801 955 KOS2AN PUTRA LGKP, PARKIR LUAS JL U.SUMO HARJO GG SUNGAI 6 NO 10 081369942899 PONDOK INAP ANTASARI TERIMA KOST2AN HARIAN/ MINGGUAN JL. ANTASARI 171 HB.082183437171

OVER KREDIT PERUM PERNMATA ASRI BLOK A6 NO 5 TIPE 36 JATI AGUNG K.ANYAR LAMSEL 085382278228 TIPE 81 4KT,4KM,L53, 900W, PRUM BUKIT PRMUKA C17 KMLING OVR KRDT 120JT 085841215576


8

SELASA, 19 JULI 2011

Waahhh sudah laku!!!

ANEKA KEBUTUHAN

MESIN

KEHILANGAN

PIJAT KEBUGARAN

JASA ANGKUTAN

Foto Garfer

SEWA KOMPUTER

PINJAMAN DANA

ASPAL

Dijual Cepat Waste Heat Recovery Boiler (WHRB) Kondisi Apa Adanya,Hub PT Nestle Indonseia Telp.31253 Dijual Cepat Wolf Duplex Machine Kondisi Apa Adanya;Hub PT Nestle Indonesia Telp.31253 Dijual Cepat Feed Water Tank Kondisi Apa Adanya,Hubungi PT Nesltle Indonesia Telp.31253

STNK R2 BE 6652 CK a.n. MUFLIHIN NOSIN N.3P90101 68. NOKA. MH33P90016 K0101 53 wrn biru STNK R4 BE 9844 B Noka 332987 Nosin A60599 a/n Irandi Gunawan STNK R2 BE 7072 KY Noka 084304 Nosin 0083516 an Drs Sutaryono SB,SIM C&ATM an Hertati BBA bg yg mnmukan Hrp mengembalikan STNK R4 BM 9240 RD NOKA MHC5TBR54B1K099346 NOSIN E099346 BPKB 0697 731 AN. PT. DELCO CITRA BUANA ;7471259 MUJIONO/YUDI BPKB R2 BE 6652 YP NOKA MH1JBC122AK021142 NOSIN JBC1E2016652 AN. BAMBANG IRAWAN. SE STNK R2 BE 7752 BO NOSIN 2P2933270 NOKA MH32P200 68K826162 AN. HAIRUDDIN BPKB R2 BE 7389 AN NOKA MH1GE000RRK028807 NOSIN GEE1028820 AN. DINAR MUNTHE STNK R2 BE 6000 YG NOKA MH314D0018K165308 NOSIN 14165513 AN. HOMSIAH STNK R2 BE 6521 YK NOKA MH328D204AK400354 NOSIN 28D1402026 AN. MAYA STNK R2 BE 6708 YJ NOKA MH328D20BAJ224231 NOSIN:28D-1224197 A.N MARYANTO STNK R2 BE 7418 YD NOKA MH328D00A9J513765 NOSIN 28D514338 AN. YUSLIANA Spd STNK R2 BE 8456 YH NOKA MH330C0029J637617 NOSIN 30C637630AN.ANDIKADWI JAYA STNK R2 Nopol BE 4471 YO Noka MHIJBC119AK954110 Nosin JBC1E-1961025 An Toto Kusworo STNK R2 BE 6925 GI Noka : MJ2AL1D4f7J005343 dan NoSIN : JL1P50FMG207A213 B41 An. Waluyo

Pjat Rflexi Dan Urt Trditional Jl. Pgr Alam ( gg PU) Prum Gria Sjhtera Bi 085228856973 / 085768537118 Masage Ika Urut Terapi Pengobatn Prwatan Hub 0853 81123334/082184067797 Bs Pgl SHINTA Urut Lulur TrdisionalSltan Agung Gg.Murai 40; 7543674/081369372811 Siap Pgil EDY Urut/Lulur Tradisonal Siap Panggil;085216996467/0853 79653224

3 DARA menerima Jasa Ang kutan barang, Hub Romli 0813 79517650

Terima Foto & Video Shooting hub 07217308030

KONSENTRASI PD ACARA ANDA, SOAL KMPTR, BIAR KAMI TG TANGANI, LCD PRO JECTOR(KECIL&BESAR), TRIPOD RAKSASA,KAMERA UTK VIDEO SHOOTING,LAPTOP PERSONAL KMPTR,HANDY CAM&LAIN2 HUB. GRIYACOM 0721704207,JL.TEUKU UMAR NO.55 KEDATON

Bth Dana Cpt Jmainkan BPKB Mbil Th ’86 Up Motor ’03up, Bunga Murah Mulai Dari 4.9% Hb: AAn Item, 0721-7634040 / 085279963693 SINARMAS MULITIFINANCE Krdt Pnmbhn Mdl Ush 5jt-2M, Prss VIA BANK, Program Jmnn & Tnp Jmnn,Khss Wil BDL, Take Over Bank lain Hub.Sidik 085279737956 PNJAMN U/ MODAL USAHA BELI MOBIL & KBTHAN MNDSAK JMNKAN BPKB MBIL TH 97 AN KE ATS HUB AMIN: 082177459883 Bth Dana CptJaminkan BPKB Mbl+Mtr Bs Mbl.Msh Krdt Leasing Resmi 29Th 085366777903/ 7316894 BUTUH DANA TUNAI JAMINN BPKB MBL ’00 PROSS CPT MDH& MRH HUB ARDI 081379196424 SIAP DANA U/ MBL/MTR. MELAYANI JUAL BELI /TT MBL PILIHAN SENDRI HUB 3611356 / 0811721452 Jaminkan BPKB Mbl/Pu/TruK Perlu Pembiayan?Syahril 0812 79220337

Jual Aspal Esso Shell Prtamina Arab Antr Almt Hub 0721709520/0811790620 Aspal Pertamina Cilacap, 60 / 70 Shell Esso Hrg Besaing Dswakan Wall 810ton Ph 0811722075 /7474171

PIJAT TRADISIONAL MASAGE IKA URUT TERAPI PENGOBATN PRWATAN HUB 0853 81123334/082184067797 BS PGL Santi Message Urat Pengobtn Prwtn Urat Bisa di Panggil Hub 082175532822

SERVICE P.AIR & MESIN CUCI SPESIALIS SERVICE PGGL ,P.AIR M.CUCI ,KLKAS ,GENSET ,K.GAS HB 081279544991/0856 69320144 GRNSI

HEWAN UNGGAS Sedia Bibit Unggas Lokal Aym Arb Kmpng Itik Bebek Bebk Hybrida Puyuh Bibit Dwsa 7147284

WALLPAPER Motif Bru Minimalist&Anak CITRA INT 482435 Laks Malahyati 26 T.Betung

BADUT Hiburan Badut Tunas Jaya Badut, Spongbob,Petrik, Hrg Dr 150Rb Mc,Dekor Hb: 7505935 / 081279322335

KAYU Ppn Cor 800rb,Kso 1,1jt,Rcuk, Byr, Glam,Mntru,Mrbau dll, Rdy Stok, Hb.081379551536/ 0858 40919156/7491593

MAKANAN Grosir Kue Lebaran Paketan Hub 085269335035/08521760 9555

TELKOMVISION Telkomvision 55/Top TV 234/ Sport Italy & spanyol 0852 69882345/07217352345

GENSET Yanmar 12 KVA Ex.Bank Jarang Pakai Hrg Nego;Hub 08127922541 Heru

ARSITEKTUR OASE ARSITEK,PENGALAMN MRANCANG BANGN,RMH ,KNT, 0721-7410369/0812 72634488

AHLI GIGI RYAN AHLI KECANTIKAN GIGI CPT&RAPI TRIMA PSG KWT GIGI JL.T.UMAR 51/20; 255080 BK TIAP HR 08-05 SORE; JL.KIWI JAM 18.30-21;HB 081379062829

BIRO JASA G.Agung-Mutasi-BBN-Pjk Mati Lama Ringan Dibantu, Jabode tabek; Hub 7363179/ 0812 15380541/ 0819045 99111/082185005345

INTERIOR Lighthouse Interior Take Order ,Kitchen Set, Bedroom Set ,Wardrobe, TV Cabinet ,Office Room etc 081218859080/0813 11335995

DENDI SALON Dendi Salon mnrma Rias Pngntin, Sewa alat2 psta & puade, Video shting, Ftografer Hb:7308030-0812 7965825

ALAT BERAT Dswkn Walles 8-10 Ton Hub 0721-9992844/081369150204/ 08127202844

KURSUS Prvt BINTANG EDUCATION smw pljrn TK,SD,SMP,SMA, UMUM,MGJI, Gr dtg Krumh Prfsional & sabar Hb: 3667558 / 081369277269,siap Smester Pelatihn Akupuntur 500Rb Teori+Praktek Pgobtn 6Titik Istmw U/ Pymbhan Brmcm2 Pnykit Lkp Trakreditsi Hb 082184078429 Privat Piano/Key Board,Guru Datang ke Rumah;Hub DAVID 7530201

HEWAN Jual Anjing Pugg & Chitsu STBM&Non STBM Hub 0812 7202116 Jual DOC ( Anak ayam Kampung) Hub 081272077566/0821811 52070

MUSIK Jual/Beli Alat Music New/Second Drums,Gtr/Bass,Keyboard, Efek,Pwr, Mxr,Eq,Speaker, Marching Band dll Hub 07217690132/0811794367

OBAT OBAT TELAT BULAN, anda Telat Bulan?? Produk Import Untuk telat Bulan aman Dan Bergaransi Hubungi Apotik Sinar Fajar Jl.Ampera 88 B. Tangerang Tlp 081272115788, Garansi Luar Kota,OBAT DIPAKAI BARU DILUNASI

PELUANG USAHA Gnkn Kompt MU U/ Buka Loket PLN Cuci Ctak Poto,Poto Copi U/ Slmnya Dmana aja 0852 68677425 Usaha/Krja Smpgn Modal Hnya 600Rb Info Hub Rahmat 085758 947124/0853802591308

FOTOCOPY Toko “POLIM” Jl.P.Emir M Noor Blok B No.10 T.Krg-Bdl Tlp 0721-7443777 , 081379671777 Mnjual msn Photocpy Mrk CANON sparepart Rntal & Teknisi

RUPA-RUPA Di Jual Tanaman Pohon Kurma Tinggi 1.5M s/d 2M 25Batang Hub 085279900609

LANTAI KAYU Parquet&lantai kayu wrn&type trbr mrh grnsi CITRA INTERIOR laks mlhyt TB 482435

PENGOBATAN Ibu Mega Dpt Mymbhkn Brmcm2 Pnykt Mslh Rmh Tgga U/ Usha Massage Ambyen Prum Karunia Indh Sukabumi Jl P.Bangka Blok F4 No13 995 1087/088268077286 Bpk Erwansyah Mngatsi Brbagai Mslh Anda Pngshan, susuk, Pil / Wil, dan hal2 ghaib dll. Mngobati Pnykit Mds & Non Mds Hb: 082184065911

PARANORMAL Ingin Jdi Paranormal ?Ckup Stu Hrio Ritual Djmin Anda bs mmliki Brmcam2 Ilmu Lgsg Bs Ngobati Brbgai Pnykit Dan Bs mmbantu Mslh Org Lain Hb: ABI 0821 83320666

ALAT UKUR TANAH STATION INSTRUMENT,Jual Ttl station,Theolite,Waterpass, Service & Kalibrasi,Pemetaan, Topografi dg Total Station 081369120888

KEBUN Dijual Tnh Bukit Kebun Coklat 3,7 Ha Sudah Berbuah,SHM Hrg 350 Jt Ng Peringsewu Babatan Hub.081279153817

SUMUR BOR Mnrma Pmbuatn Smr Bor/Bor Pantek/Srvis P.Air Jetpump/ Marsibel, Jl/Bli:Pompa Air, J.pump Sub Mrsbel dll;Hb 0821 85020589 Sumber Bor Bwt Smr Bor Msn Svis P.Air Sible Lstrk 0813 79186720/085269730554

FOLDING GATE BINTANG FOLDING GATE khss Trima Psnn Pintu Folding Gate&Harmonika Srt, Jual Bhn Bku Foldinggate, Jl Rya Natar Km 16 No.8A Srimulyo 0721 774905 / 7324732

BAHAN FIBER Resin, Mat, Katalis, Airosil, Cobalt, talk, Miror, Pigman, Dll. eceran / partai Bsr Hub: RAMA SWARA 0721-251652

ALUMINIUM TK. KARYA MURNI, Jual Rel Hordeng, Rak Al, Partisi, Expanda, Etalase, Awning, Kusen, Canopi, Jl. T. Umar Psr Koga No.2 Kdtn 782601 Fax 788520

PAGAR BETON Sdh Teruji Pmsnn Brumr 10Th Ttp Kokh Krn Ukuran yg Profsionl Tiang 18cmx18cm Panel Tebal 5Cm Hb Pemilk 087899907333/081540810631

AIRLINES TIKET Tiket mrh Grda,Srwjya Btv,Mr. Pt.Lion Air Asia,Tket D.antr Hb: 0721486100/ 7467967

AC Rama Ac Spesialis AC Rmh Bngkr Psng Service cuci dll Brgrnsi 081279499011/3616596

SERVICE Jimin Servce Panggil Dlesai Dtempat Pnglmn 21Th TV, Kulkas,M.Cuci,P.Air, K.Gas, Dspnser, dll Tlp: 7412242 / 7406229 Grnsi OC Srvice Kulkas Frezer M.Cuci dll Semua Merk Hub 0815 11479173 / 9797921 Cuncun Servce ahli Kulkas AC, Split,msn Cuci Dll. Hb: 7488505 / 081933581650 Grnsi 5 Bln Avong Service Pggl Kulkas AC M.Cuci Dispnser 267681/ 9967681 Grnsi 6Bln UTAMA Service Pggl Kulkas Freezer M.Cuci P.Air dll Hb 36979510/081279070320 Brgrnsi DUTA SERVICE Pggl Kulkas Frezzer, M. Cuci .P.Air, Dspenser Hb: 07217154134 Garansi

SERVICE AC Anugrah Teknik Service Cuci AC,Bongkr Psg,Prbaikn Brgrnsi; 0721475638/7599255 JESSI Service AC Cuci AC Rumah & Kantor,Termurah & Bergaransi;Hub 0721.7403216/ 7552072 Global Tehnik Cuci AC Bongk/ Psg Prbaikn Trmurh Brgrnsi 0721-7557836/07217173032 Berkah AC Bgkar Psg Service Brgrnsi Trmurh 0721-3680787/ 081272255787

SERVICE TV Exis Sony Servce TV,DVD, LCD,Msn Cuci(Tknisi Ex Sony) 7444822 / 081369112008 Salim TV Service TV Wrna Smw Merk Selesi di Tmpt dan Beli TV Rsk 9983488 Florida TV DLL Panggil Langsung Datang Hub 0815 4023359 Putra Solo Service TV Parabola Trmurah Hub 0721-3699988

LAUNDRY Jual Ush Laundry yg Sdg Brjln Trmsk Msn & Prltannya Lgkp (Tnggl Mnjlnkn/Ada Training); 081382269604 / 3640143

ALAT BANTU DENGAR

CANOPY & ALUMINIUM

OPTIK SENTRAL Menyediakan Alat Bantu Dengar (Import)Hrg Terjangkau, Jl.Pemuda No. 45(Dpn Photo Indah)BDL Tlp. 252286

Mengrjakan Canopy, Tralis, Folding gate, Rolling Door, Kusen, Partisi, Kaca & Gypsum Krey & Vertical Blinds Hub. MAJU MAKMUR, Jl. P. Morotai No. 69 Ph.7471238-773500

MANCING MANIA Mantap! Kpl2 Pcing Kmi Ada di Tpi Lmpsing,Trf Sw Dhtung dr Jrk Jauh-Dkt Lok,Hub Sgr PPLD (Kapt.Rokino 08127916181)/Tk Pancing Glora (Pak Johan) 08127265522

ATASI MAMPET ASM Pro Atasi Mampet WC, Sluran Air,Wstfel dll Tnp Bongkr Garansi; 085378709970 JAGO Atasi Mampet WC,Sal Air,Wstfel dll Tnp Bongkr Garansi; 081321139657

ALAT KOMUNIKASI Family Electronic Sedia RIQ & HT;Telp 780153/08127914542

KOLAM RENANG CV.LAMPUNG POOL, Special pmbuatan Klm Rnang & Water BOOm,Lht Cntoh: Centro Water Boom Baudar Jaya 0813 69144878 WWW.Lampung pool.Multiply.com

SANGGAR BUNGA Sanggar Bunga Fanny Mnrima Psanan Bunga Papan Medan ( sewa ) Dan Bunga segar Jl. Jend sudrman No 110 Tlp 07219928989 / 3666219 LAMPUNG Florist Trm Psnan Krgan Bga,Disc 25% (24jm) Antr Lr Kota Jl.I.Bonjol 169 Hb. 3664588/ 085279714488

DEPOT AIR MINUM Bila Anda Ingin Mmbuat Depot Air Minum Hub Kami Kmilh Ahlinya Krn Kami Brpglmn Slm 15Th di Jmn Mmuaskn dg Modl Yg Mnrk dan Brankargm Hb 0721-9063172/087888881592 www.fujifilterdepot.com/email fuji.filter98@Gmail.com Spesialis Depot Air Isi Ulang 16jtan, RO Rmh Tngga & Indstri 2jtan ,Sedia Tu2p,Tisu,Galon, Membrane,Media dll “SINAR TIRTA” Jl Soekarno Hatta Ruko DCC Simp. Wyhlm Wyknds Tlp/ Fax. 0721.784287/ 081560 32838 FILTER AIR: Atasi Air Kuning, Bau Lumpur,Minyak; 0721. 784287-08156032838

TOP TV Acr TV BrlggnanTop TV (150 Iuran 90) OK Vision (170 Iuran 125) 7376004/085378772004

TOUR & TRAVEL Bintang Nusantara melayani Study Tour, Ziarah, Ticeting, Jasa Bus, dll. Hub Andre 0852 79421134

ANDA BUTUH DANA CEPAT LEASING RESMI 29TH JAMINKAN BPKB MTR/MBL BS U/ MBL YG MSH KRDT 081369200888 / 7544559

HORDENG VERTICAL&HORIZONTAL BLINDS KASA NYAMUK U/ KNTR&RMH CITRA JAYA 482435 T.BTG MLHYTI 26

PERCETAKAN Black_ink mnrma cetak ID card, Krt Nma, Banner, Pin, Gntngn Knci, dll Jl. Agus Salim No.60 (dpn Gg. Waru) Hb. 085378758333 AURORA ART MNRMA CETAK BANNER, KARTU NMA, ID CARD,PIN, GNTNGN KNCI, DLL HB. 0721 9767364

LOWONGAN Dbthkn Tng Survey & Penilai Property (Tnh,Bangunan,Mesin & Kebun) Syrat: Pend.Min D3, Usia Dbwh 27th,Brsdia Tgs di Luar Kota,Mpu Bkrja Dbwh Tknan,Jujur/Teliti/Ulet & Komu nikatif, Mguasai (Micr.Offce & Visio),Krm Lmran Lkp ke PT. Indoglobal Consult Jl.Pulau Sanama No.26 Wayhalim Permai, B.Lpg 35135 CV Anugerah Abadi Mmbthkn Karyawan/i Utk dtmptkn Sbg Tnaga Staf Adm Syrt 1.Ijazah Min Smu Sdrjt,Brpnmpln Mnrik Tinggi Min 160 Cm,Brdmsli Di Wlyah Kec Natar,Memiliki Kndaraan & Sim C Almt CV Anugerah Abadi Jl, Raya Hajimena No 11/35 Depan Kantor Desa Hajimena Kec Natar Lam-sel Dbthkn Sgra Staff ADM Pria,Min D1 Usia 21-26Th, Jujur, Sopan,Blm Mnkh, Hard Work,Bs Team Work,Bsa Kompt, ADM, Puny Kendraan Min Mtor SIM C,Pasif B.Ingg, Krm Lmrn ke PT.Prudential Jl P.Diponegoro No 77 T.Bet Up Ibu Renny BU Wina Bth Cpt Wnt Max 38Th U/ Ash Ank & Jd PRT di Perum Elite JKT Gj s/d 1.5Jt .Lbrn Gk Plg Bons 1x Gj.Ident Lkp Hb 087885688458/081574555614/ 082124985696 CAT Pst Pend Prmgari/ra& Ground Staff Mmbthkn Tim Prsntsi&Mrktng Executife Syrt P/W Max 35Th Pend Min SMU Mmlki Kend Roda2 SIM C Lmrn Krm ke Jl Perwira No 21 Raja basa Hb Lia 081278391414 Dbthkn Krywti U/ SPG diMall SMA Max 25Th Blm Brkluarga Lmrn Krm Ke Kartika Express Jl Yos Sudarso No 130 BDL

RUMAH AURA(Salon Kcntkn) Bk Cbg Bru, Bth 15 Krywti u/ Terapis, 2 Org Knsltn,Pnglmn Bs Totok Wjh,Msge Bdy,Facial, Rflxi,Krmbth,Dll. Hub.0821 80727123(Tdk Trm Mllui SMS) Persh Multi Divisi Bth P/W di Kntr Cab Dll Syrt; FC Ijazah Trkhr SMU-Diploma -S1,Pas Photo 3x4 2Lbr,FC KTP,Dftr CV Mx 26Th, ,Lmrn Antr Lgsg ke Jl P.Legundi No 17 Dpn SMK Taruna Sukrme BDL CV Makmur Jaya mulia Mnrm Krywti U/ ADM Salseman TO& Motoris,Sopir (B1/Umum)& Helper Lmrn Antr Lgsg Jl Chairil Anwar No 9 Durian Payung BDL Dcari Tng Wnt Brpglmn Bdg Kcntikn/Facial dan Ptg Rmbt Max 25Th SMA Lmrn Antr Lgsg ke Jl.Nakip No9 Kt Baru Tj.Krg 704079/0811724879 Dbthkn 1Org Supir Pribdi Usia /+30Th Punya Surat Pglmn Kerja Mgnl Jakarta Jujur dan Rajin Di Utmkn Bujang/Duda Hub 0721-485540/0721-484266 Dbthkn Kryawti U/ di Tempat kan di Bdg ADM Kompt Max 23Th Pdkk D3 Blm Mnkh Sht Jasmni & Rohani Lmrn di Antr ke Jl Yos Sudarso No 62 4843 44/484444 Distrbutor Mknan Ringan/Mknn Pokok Bth Sales/Supervisor Pria/Wnta Syrt SMA/Sdrjt Lmrn Antr Lgsng ke Jl Sentot No 8 Kuala Waylunik Panjang 7432088 Dcri wnt sngl,pnmpln mnrik,llsn min D3 u bgn adm di bengkl mbl asrnsi,lmrn antr lngs Bengkel Mandiri jlr 2 Korpri Sukarame, tlp.7377888 Dbthkn Tnga D1 Kebidanan U/ Krja Di Klinik Brsalin ke Jl H.Said No 11 Kota Baru BDL 7467103

Dbthkn Mrketng U/ Kantor Arsitektur Pddk Min SMU,P/ W,Dtg Lgsg ke Rmh MINIMALIS Jl.P. Morotai 14A Bawa CV Hub;081379476688 ADM Gudang Wnta Max 30Th Bsa Kompt Pglmn Min 1Th Pnmplan Mnrk Lmrn ke CV Bintang Agrindo Sentosa Jl Yos Sudarso No 130D 470036 Dbthkan Segra Asst Apoteker Kirim Lamran ke PT.Sapta SariTama Jl.Ar.Hakim Blok B No 20 Wayhalim BDL Dbthkn Sgr 3 Krywn Utk Cuci Mbl & Kantin,Lmr Lsung ke MnC Car Wash Jl.Sukarno Hatta (Bypass) Permptan Kt.Sepang;Hb 088268060357 Dbthkn DRAPTER AutoCad, gbr 3D u bljt di konsultan arsitek,hb:0721-7410369 KRYWTI,PGLMN,JJR,TAAT IBDH,LMRN KE TOKO MAESTRO,PS. BMB KUNING PLZ LT.I NO.30 T.KRG Bth Sales 19-29Th SLTA/Sdrjt Mtor Sdr SIM C Lmrn Plg Lmbt 27/7/11 Alex 3635900 Bth Sopir Antr Brg 19-29Th SLTA/Sdrjt SIM A/B1 Lmrn Plg Lmbt 27/7/11 Alex 3635900 Dbthkn Tkns AC,Pglmn, Jl. Purnawirawan No.8. Hub. 7199155,087899310100 Dcr Pgwai u/Toko & Laundry Lls SMP/SMA,Ada Mes,Jjr,Rjn, Tg.Jwb, 08976017084 BPS di Teluk Betung Mbthkn 1Org Bidan dan 1Org ASBID Hb 082177435151 BU Wina Bth Cpt Wnt Max 38Th U/ Ash Ank & Jd PRT di Perum Elite JKT Gj s/d 1.5Jt .Lbrn Gk Plg Bons 1x Gj.Ident Lkp Hb 087885688458/081574555614/ 082124985696


SOCIETY

10

SELASA, 19 JULI 2011

Rycko Menoza dan Visi Pembangunan Daerah

SELAMA berkiprah di berbagai organisasi, Rycko Menoza mendapat banyak gambaran tentang kondisi Sai Bumi Ruwa Jurai. Baik laju pembangunan maupun roda kehidupan masyarakatnya. Ia menilai ada kekurangan yang perlu dibenahi, yaitu koordinasi yang komprehensif antara pemerintah di tingkat kabupaten/kota dengan provinsi.

Berbekal pengalamannya selama ini, Rycko berniat menambal kekurangan itu. Sebagai tokoh pemuda di Lampung, Rycko menyayangkan minimnya respons pemerintah kabupaten/kota dalam melakukan pembangunan bersama pemprov. Apalagi di daerah yang kaya akan potensi seperti Kabupaten Lampung Selatan. Rycko mencontohkan, di

Lamsel terdapat banyak program unggulan pemprov. Sebut saja Menara Siger, program Kotabaru Natar, rencana pembuatan jalan tol Babatan–Tegineneng, hingga proyek besar menghubungkan Jawa dan Sumatera melalui Jembatan Selat Sunda. Program-program ini seharusnya bisa memacu Pemerintah Lamsel dengan melakukan diversifikasi pembangunan.

Menurut Rycko, Menara Siger setelah diresmikan monumen yang menjadi ciri khas Provinsi Lampung itu bisa menjadi salah satu sumber pendapatan daerah. ’’Sebagai tempat wisata yang menjanjikan, banyak hal yang bisa dikembangkan di sana. Seperti menjadikannya pusat kerajinan daerah, perdagangan, atau tempat peristirahatan seperti hotel,” katanya.

Menjadi Nakhoda KNPI Lampung

KETUA KNPI PROVINSI LAMPUNG Nama TTL Jenis Kelamin Agama Kewarganegaraan Alamat

: : : : : :

Hi. Rycko Menoza S.Z.P., S.E., S.H., M.B.A. Jakarta, 30 Agustus 1971 Pria Islam Indonesia Jl. Raya Bakauheni Km 0,5, Desa Bakauheni,Bakauheni, Lampung Selatan Pengalaman Organisasi: - Ketua KKI Provinsi Lampung 2011–2015 - Ketua DPD KNPI Lampung 2007–Sekarang - Ketua MPW Pemuda Pancasila Lampung 2005–Sekarang - Ketua Ikatan Motor Indonesia Lampung 2008–2010 - Ketua Bidang Umum KONI Lampung 2009–2014 - Ketua Komisi VI Pramuka Kwarda Lampung 2007–2012 - Ketua IV Forki Lemkari 2006–2011 - Wakil Bendahara PBI Lampung 2004–2008 - Wakil Koordinator Umum Kontingen PON XVII Kaltim 2008 - Wakil Ketua DPP GM FKPPI DKI Jaya 2003–2006 - Bendahara KBPPP Metro Jaya 2003–2006 - Plt. Ketua Koti Mahatidana MPW Pemuda Pancasila Lampung 2004–2005 - Wakil Ketua DPD KNPI DKI Jaya 2002–2007

SUKSES memimpin Pemuda Pancasila, Rycko digadang menakhodai lembaga tempat berhimpunnya Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP), yakni Komite Nasional Pemuda Indonesia Lampung. Ingin mencoba pengalaman baru, Rycko memancangkan niat maju sebagai calon ketua. Lewat pemilihan yang dinamis, ia terpilih secara aklamasi. Memaksimalkan peran pemuda dalam pembangunan daerah menjadi target Rycko di lembaga anyar yang dipimpinnya. Selam hampir dua tahun memimpin Pemuda Pancasila, banyak perubahan positif yang terjadi. Selain melaksanakan reorganisasi, kini Pemuda Pancasila banyak turun ke masyarakat. Mulai dari kegiatan bersih-bersih hingga pemberian bantuan bagi masyarakat miskin dilakukan. Semua itu sejalan dengan misi Rycko untuk mengubah citra buruk Pemuda Pancasila di masyarakat. Dinilai sukses dalam memimpin, tak heran jika kader Pemuda Pancasila meminta sang ketua maju dalam pemilihan ketua KNPI Lampung. Bagi Rycko, KNPI bukanlah organisasi yang baru dikenalnya. Pada 2002–2005, ia tercatat sebagai wakil ketua DPD KNPI DKI Jaya. ’’Saya pikir, saatnya kini mengembangkan sayap dengan memimpin KNPI di Lampung,” jelas Rycko. Kemudian pada Musyawarah Provinsi DPD KNPI Lampung 2007, Rycko maju menjadi salah seorang kandidat ketua. Meski berstatus anak gubernur, bukan berarti jalan ke tampuk pimpinan KNPI berjalan mulus. Rycko pun mulai menghimpun dukungan. Berbagai tokoh dari pemimpin partai politik, tokoh pemuda, dan ketua-ketua OKP ia datangi. Setelah menyampaikan niat dan visi-misi, Rycko berharap memperoleh dukungan untuk bertarung dalam pemilihan ketua. Sejak awal musyawarah dimulai, isu kandidat yang bakal memimpin KNPI Lampung santer terdengar. Meski beberapa nama sempat muncul di permukaan, sampai menit-menit akhir hanya tiga tokoh yang bertahan. Selain Ketua MPW Pemuda Pancasila Lampung Rycko Menoza, ada anggota KPU Lampung Pattimura dan Andi Nurpati yang kini adalah salah satu anggota KPU Pusat. (adv)

Bagi Rycko, Lamsel memiliki arti tersendiri. Kakeknya, Zainal Abidin Pagaralam, adalah perintis berdirinya Pelabuhan Bakauheni dan Bandara Radin Inten II. Estafet pembangunan yang kemu dian dilanjutkan Sjachroedin Z.P. melalui berbagai program unggulan yang sudah dikenal luas masyarakat Lampung. Menyadari hal ini, Rycko pun merasa ter panggil

untuk melanjutkan pembangunan di Lamsel. Potensi daerah yang menjadi ’’mulut naga” Pulau Sumatera itu sangat luar biasa. Menurut Rycko, sebagai daerah dengan tujuh kecamatan dilalui garis pantai, sektor pariwisata dan perikanan di Lamsel merupakan sektor yang menjanjikan untuk digali. Selain itu, pengembangan

daerah industri di dua kecamatan, yakni Natar dan Tanjungbintang, perlu didorong agar memiliki dampak positif bagi masyarakat. ’’Kita bisa mengundang investor dalam dan luar negeri untuk menanamkan modalnya. Setelah itu, perlu didorong agar mengutamakan tenaga kerja asal Lamsel. Ini tentu bisa membuka lahan baru bagi pengangguran,” pungkasnya. (adv)

Ali Rahman Ajak Pemuda Lamsel Berkiprah PEMUDA-PEMUDI di Lampung Selatan harus bisa menorehkan kiprahnya dalam membangun kabupaten ini. Sebagai pelopor bangsa, pemuda juga dituntut dapat memberikan sumbangsih kepada bangsa, khususnya daerah. Karena itu, pemuda Lamsel siap mendukung dan berkiprah dalam pembangunan yang akan dilaksanakan Pemkab Lamsel maupun pemerintah provinsi dan pusat. Hal itu dikemukakan Drs. Ali Rahman, M.M., M.H. kemarin (18/7). ’’Jangan kamu tanyakan apa yang telah didapat dari kabupaten ini! Tapi, tanyakan apa yang sudah kamu berikan untuk kabupaten ini,” kata Bung Ali menirukan ungkapan mantan Presiden Amerika Serikat Franklin Delano Roosevelt. ’’Kiprah pemuda Lamsel selama ini belum maksimal. Karena itu, saya mengajak seluruh pemuda di Lamsel bersama-sama membangun Lamsel,” tambah suami dari Eka Listriyeni, S.K.M. ini. Ali Rahman juga memiliki visi terwujudnya kualitas intelektusi, moralitas, dan keterampilan pemuda yang berwawasan kebangsaan serta memiliki daya saing untuk memberdayakan masyarakat dalam kompetisi global. ’’Visi ini yang akan saya emban hingga kepemimpinan berakhir,” ujarnya. Selain visi, misi yang dibawa Ali Rahman dalam memimpin DPD KNPI Lamsel adalah menciptakan ruang yang kondusif bagi pemuda untuk dapat berkompetisi secara sehat dengan menjunjung nilai-nilai kejujuran, objektivitas, dan berkeadilan. Memelihara sikap dan integritas pemuda yang berwawasan kebangsaan untuk memelihara kehidupan berbangsa dalam keberagaman untuk persatuan. Berperan aktif dalam seluruh program pembangunan nasional dalam rangka untuk memberdayakan masyarakat yang madani dalam kompetisi global yang aman, tenteram, damai, dan sejahtera berdasarkan Pancasila serta UUD 1945. Selanjutnya, merekatkan komunikasi antarorganisasi kepemudaan sebagai entitas pemuda Indonesia untuk mewujudkan persaudaraan, kebangsaan, dan patriotisme. ’’Komitmen ini akan saya pegang hingga kepemimpinan berakhir,” ujarnya. Selain visi-misi, pembina GP Ansor Lamsel ini juga memiliki berbagai langkah strategis dalam kepemimpinannya. Yaitu membenahi organisasi dan menempatkan KNPI sebagai wadah organisasi pemuda, memberikan kontribusi dan kiprah bagi kemajuan daerah, menjalin komunikasi intensif dengan para organisasi kepemudaan. (adv)

Ketua DPD KNPI Kabupaten Lampung Selatan Nama : Drs. Ali Rahman, M.M., M.H. TTL : Blambanganumpu, Waykanan, 10 Agustus 1970 Istri : Eka Listriyeni, S.K.M. Anak-Anak : 1. Galang Putera Rahman 2. Agung Sugara Rahman 3. Rori Rahma PENDIDIKAN SETELAH SMA: - APDN Tanjungkarang 1988 - S-1 LAN RI Jakarta 1995 - S-2 Magister Manajemen UBL 2005 - S-2 Magister Hukum UBL 200 ORGANISASI : - Wakil Ketua KNPI Waykanan - Bendahara IOF Waykanan - Pembina GP Anshor Lampung Selatan - Wakil Ketua Lemkari Waykanan KARIR : - Kasi Pemerintahan Kecamatan Blambanganumpu, Waykanan, 1997 - Camat Waytuba, Waykanan, 1999–2001 - Camat Bahuga, Waykanan, 2001–2005 - Kabag Umum dan Perlengkapan Waykanan 2005–2008 - Kadis PU Waykanan 2008–2010 - Kadis PU Lampung Selatan 2010–Sekarang

HUT KE-4 KABUPATEN PESAWARAN

Jadikan Momentum Hari Jadi untuk Evaluasi SEJAK disahkannya UU No. 33/2007 tentang Pemekaran Kabupaten Pesawaran pada 17 Juli 2007, kini telah genap empat tahun kabupaten hasil pemekaran Lampung Selatan ini berdiri. Peringatan hari jadinya yang keempat ditandai dengan upacara bendera di Lapangan Sidototo, Kecamatan Gedongtataan. Kemudian dilanjutkan sidang paripurna DPRD Pesawaran kemarin. Pada usia keempat, banyak hal yang telah dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat secara bersama-sama dalam membangun Bumi Andan Jejama. Kabupaten ini juga terus berupaya untuk lebih maju dan sejajar dengan kabupaten lainnya yang telah lebih dahulu berdiri. Bupati Pesawaran Aries Sandi D.P., S.H., M.H. menegaskan, peringatan HUT Ke-4 Kabupaten Pesawaran merupakan momentum yang tepat untuk merenung dan mengevaluasi kembali sejauh mana hasil-hasil kerja yang telah dicapai selama ini. ’’Dalam rangka membangun kabupaten demi mencapai kesejahteraan masyarakatnya, pemerintah dan masyarakat telah bersatu padu dalam melaksanakan amanat pembangunan demi tercapainya tujuan otonomi daerah. Yakni meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kabupaten yang kita cintai ini,” katanya. Selaku bupati, bersama wakilnya, ia melaksanakan pembangunan sesuai visi. Yakni agar terwujudnya Pesawaran yang maju, berbudaya, berdaya saing, dan sejahtera. Juga menjalankan misi melalui pelaksanaan lima program prioritas. Yaitu meningkatkan kualitas sumber daya manusia, kesehatan, dan kesejahteraan sosial

Bupati Pesawaran Aries Sandi D.P., S.H., M.H. menjadi inspektur upacara bendera peringatan HUT Ke-4 Kabupaten Pesawaran di Lapangan Sidototo, Kecamatan Gedongtataan.

Bupati Pesawaran Aries Sandi D.P., S.H., M.H.; Wabup Drs. Hi. Musiran; Ketua DPRD Pesawaran Toto Sumirat; Wakil Ketua DPRD Syamsuddin Dahro dan Areh Sulistyo; Kapolsek Gedongtataan; serta para kepala dinas bersama-sama mengucapkan selamat HUT Ke-4 Kabupaten Pesawaran. Semoga Kabupaten Pesawaran lebih maju!

Sidang paripurna DPRD Pesawaran HUT Ke-4 Kabupaten Pesawaran.

Upacara bendera peringatan HUT Ke-4 Kabupaten Pesawaran di Lapangan Sidototo, Kecamatan Gedongtataan, diikuti Forkopimda plus, veteran, serta tokoh masyarakat, adat, dan agama.

masyarakat; mengoptimalkan potensi perekonomian daerah dan sumber daya lokal; pemberdayaan masyarakat, memelihara, dan meningkatkan infrastruktur pembangunan perdesaan; mengoptimalkan pengelolaan sumber daya alam, dan lingkungan hidup; serta mewujudkan tata pemerintahan yang baik dan bertanggung jawab. Dikatakannya bahwa pembentukan Kabupaten Pesawaran yang diresmikan empat tahun lalu tidak terbentuk begitu saja, melainkan dengan perjuangan dan upaya keras dari semua pihak. Baik yang berasal dari dalam maupun yang berasal dari luar Kabupaten Pesawaran. ’’Karena itu, sepatutnya kita bersyukur kepada Allah

SWT serta berterima kasih atas jasa-jasa para tokoh dan masyarakat Pesawaran yang telah merintis berdirinya Kabupaten Pesawaran dari awal perjuangan hingga berdirinya. Demi mewujudkan terbentuknya kabupaten ini, maka segenap warga yang mendukung penuh dengan ikhlas menghibahkan tanahnya untuk lokasi perkantoran dan sarana bagi kepentingan umum lainnya,” tuturnya. Dia juga berharap setiap kali memperingati hari jadi perlu selalu mengingat jasa-jasa mereka yang berjuang sambil berdoa semoga Allah SWT mencatatnya sebagai amal ibadah yang tidak putusputus nilai pahalanya. (adv)

Bupati Pesawaran Aries Sandi D.P., S.H., M.H. saat bernyanyi ketika peringatan HUT Ke-4 Kabupaten Pesawaran.

Bupati Pesawaran Aries Sandi D.P., S.H., M.H. dan Wabup Drs. Hi. Musiran beramah-tamah dengan para veteran.


11

SELASA, 19 JULI 2011

FOTO WAHYU SYAIFULLAH

JALANI TES: Bakal calon bupati dan wakil bupati Mesuji Arif Budiman-Yedi Supriadi dan Bukhari-Paidi usai menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Hi. Abdul Moeloek (RSUDAM) kemarin.

Sahkan Draf sebagai RUU Inisiatif DPR JAKARTA – Setelah lama tertunda, draf RUU Pemilu hari ini akan disahkan Sidang Paripurna sebagai RUU usul inisiatif DPR. Selanjutnya DPR dapat memulai membahasnya bersama pihak pemerintah. Meski disahkan, dalam menyikap besaran ambang batas perolehan suara partai secara nasional untuk duduk di DPR (parliamentary threshold/PT) belum tercapai kesepakatan. Tapi, itu tak lagi menjadi persoalan. Karena dua opsi yang berkembang, yakni 3 persen atau 2,5–5 persen, akan ditampung dalam draf RUU Pemilu. ’’Draf yang disiapkan Baleg (Badan Legislasi, Red) apa adanya dibacakan pada Sidang Paripurna. Termasuk soal PT. Semua sepakat persoalan ini tidak divoting,’’ urai Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso usai rapat pimpinan dewan bersama Baleg dan pimpinan fraksi di Gedung DPR kemarin (18/7). Pandangan dari masing-masing fraksi, lanjutnya, juga sebatas

disampaikan secara tertulis kepada pimpinan dewan. Menurut dia, ngotot memaksakan voting saat ini sangat tidak strategis dan mubazir. Karena, energi politik yang dikeluarkan terlalu besar. Padahal yang akan disahkan baru sebatas draf. Nantinya draf ini kembali dibahas bersama pihak pemerintah. Priyo menyebut penting untuk mengetahui berapa angka PT yang disodorkan presiden. Di sanalah pertarungan politik yang sesungguhnya. ’’Setelah dirembuk, tidak tercapai kesepakatan, voting sahsah saja,’’ tegasnya. Sebagaimana diketahui, posisi fraksi-fraksi terhadap besaran PT memang bervariasi. Partaipartai menengah, seperti PKS dan PPP hanya menoleransi PT naik sampai 3 persen. Partai selevelnya yang lain, yakni PAN dan PKB telah menunjukkan indikasi kesediaan untuk berkompromi sampai 3,5 persen. Sedangkan, Partai Hanura dan Gerindra

mendukung 3 persen. Namun, sejumlah fraksi ’’raksasa’’, seperti PDIP dan Golkar mendesak angka 5 persen. Sementara itu, Partai Demokrat memilih 4 persen. Selain soal PT, fraksi -fraksi di DPR juga berseberangan secara ekstrem mengenai metode penghitungan sisa kursi. Partai Demokrat, PDIP, dan Golkar mendukung sisa kursi ’’tarik’’ ke provinsi. Sedangkan, fraksi lain cenderung ingin kembali ke model Pemilu 2004, yakni sisa kursi tetap dibagi habis di dapil. Secara terpisah, anggota Baleg Arif Wibowo mengatakan, rapim memutuskan draf RUU Pemilu dari Baleg tidak perlu diperdebatkan lagi di sidang paripurna, Selasa ini. Artinya, tidak boleh ada interupsi yang berpotensi memicu perdebatan itu. ’’Pimpinan fraksi sudah diminta sosialisasi kepada anggotanya agar tidak mempersoalkan draf RUU Pemilu,’’ kata politisi muda PDIP itu. (jpnn/c3/adi)

FSMPB Turut Kawal Pilkada Bentuk Tim di 101 Pekon dan Kelurahan

PRINGSEWU – Tak hanya sebatas mengeluarkan statemen, Forum Silaturahmi Mahasiswa Pringsewu Bersatu (FSMPB) juga menempatkan relawannya ke 101 pekon di Pringsewu untuk mengawal suksesnya pilkada. Ketua FSMPB Hari Harjito didampingi Sekretaris Umum  Ala Tarofiana mengatakan, mahasiswa juga berharap agar semua elemen, baik mahasiswa maupun kepemudaan, ikut proaktif dalam menyukseskan Pilkada Pringsewu. Caranya dengan mengedepankan netralitas, bukan kepentingan

politik semata. Untuk itu, forum mahasiswa telah punya tim yang tersebar pada seluruh kecamatan dan 101 pekon/kelurahan di kabupaten ini. Keberadaan mereka, lanjut Hari, siap turut serta menyukseskan dan mengamankan pilkada. ’’Kami siap bekerja sama dengan KPU dan panwas,’’ katanya. FSMPB juga ikut mencegah adanya kampanye hitam serta penggunaan politik uang untuk meraih kemenangan. ’’Kami tetap akan koordinasikan dengan KPU, panwas, dan kepolisian,’’ jelasnya. Sebagai bentuk nyata telah dibentuk tim per kecamatan dan 101 pekon/kelurahan. ’’Harapan kami agar seluruh elemen

mahasiswa dan pemuda tetap proaktif dengan mengedepankan netralitas, bukan kepentingan politik semata. Mengingat, masalah politik kan sudah partai politik yang menanganinya,’’ tegas dia. Sementara itu, FSMPB juga menyerukan agar pemimpin Pringsewu mendatang tak hanya mampu menuangkan konsep memajukan daerah saat kampanye. Tapi juga memiliki tanggung jawab dalam menjalankan roda pemerintahan. Pemimpin Pringsewu ke depan harus mampu menuangkan konsep-konsep yang telah disusun dalam masa kampanye dan janjijanji politik dalam aksi nyata lima tahun ke depan. Jangan hanya

bisa menyusun konsep dan mengeluarkan janji-janji, kemudian meninggalkannya. Dalam pernyataan sikapnya FSMPB menurut Ketua Umum Hari Harjito dan Sekretaris Umum  Ala Tarofiana, tanggung Jawab yang besar seorang pemimpin baik bupati maupun wakil bupati sangatlah penting untuk diperhatikan. Masyarakat pada umumnya memilih seorang bupati-wakil bupati tentu menyimpan banyak harapan demi kemakmuran wilayah serta kesejahteraan masyarakat itu sendiri. Harapanharapan ini tentunya dipadukan dengan janji-janji dan konsepkonsep yang digembar-gemborkan saat kampanye. (sag/c3/adi)

Para Calon Diharapkan Bersaing Secara Elegan

FOTO IST

FOTO BERSAMA: Para Jenderal Dewan Pembantu Tim Begawan Outbound Partai Golkar (PG) foto bersama Ketua DPD PG Lampung M. Alzier D. Thabrani, S.E. (Dari kiri) Zainal Abidin (ketua tim Begawan), Prof. Dr. Nasir Tamara (wakil Sekjen DPP PG), Sharif Cicip Sutarjo (ketua DPP PG), Jenderal TNI (Purn.) Jhony Lumintang, Letjen (Purn.) Agus Wijaya, Jenderal TNI (Purn.) Fahrur Rozi, serta Letjen (Purn.) Eddy Gustiwa.

PRINGSEWU – Sesuai dengan asas pilkada yang jujur, adil, dan terbuka, para calon bupati-wakil bupati diharapkan dapat bersaing secara elegan. Ini dilakukan agar tercipta pilkada yang demokratis dan menghasilkan pemimpin yang benar-benar amanah. Banyak harapan masyarakat kepada calon pemimpinan yang kelak terpilih untuk bisa membawa Pringsewu menjadi lebih baik dan selalu berpihak kepada kepentingan rakyat. ’’Gunakan cara-cara yang santun dalam menarik simpati rakyat.

Ciptakan pilkada yang demokratis mengedepankan kejujuran dan keadilan,’’ harap Antoni Wijaya dari Lembaga Aspirasi Masyarakat dan Analisa Pembangunan (Lambang) Lampung. Menurutnya, para calon bupati dan wakilnya jangan membohongi serta membodohi rakyat. ’’Pemimpin yang baik harus arif dan bijaksana. Dengan kemampuan ini kelak Pringsewu akan cepat maju,’’ usulnya. Ini, menurut Antoni, dapat dimulai dari sekarang, sebelum pelaksanaan Kampanye dimulai.

’’Harapannya tak sebatas renungan tapi benar-benar diaktualisasikan,’’ pintanya. Lain lagi dengan apa yang dikatakan Muhlasin, aktivis kemasyarakatan ini meminta tak hanya pada cabup dan cawabup, tapi juga masing-masing tim sukses untuk konsisten. Ia menguraikan, tim sukses juga merupakan ujung tombak pemenangan calon. Merekalah yang langsung berhadapan dengan calon konstituen. ’’Tim sukses juga dapat mengedepankan cara-cara yang baik dalam meraih hati calon pemilih.

Bukan sebaliknya mengotakkotakan masyarakat yang malah berpotensi pada gesekan-gesekan,’’ tegasnya. Terkait pelaksanaan pilkada, anggota KPU Pringsewu Andoyo, S.Sos. mengatakan, pihaknya akan berpegang pada rambu-rambu yang telah ditetapkan. ’’Selain anggota KPU, juga sebagai warga Pringsewu kami juga berharap pilkada berlangsung sukses. Para bakal calon juga ikut memegang peranan penting di dalamnya,’’ pesan dia. (sag/c3/ adi)


12

RADAR LAMPUNG

SELASA, 19 JULI 2011

Pasangan SAE Surati KPU TUBA BARAT – Pasangan bakal calon (balon) bupati-wakil bupati Hi. Syaifullah Sesunan, S.H., M.H.-dr. Edi Winarso (SAE) kemarin melayangkan surat kepada KPU Tuba Barat. SAE melalui kuasa hukumnya, Brierly Napitupulu, S.H., M.H. (Birdie Law Office), dalam surat bernomor 010/ BIRDIE/Pemb/VII/11 tertanggal 14 Juli 2011 memuat beberapa poin. Yakni menyatakan Syaifullah Sesunan hingga kini merupakan satu-satunya balon bupati yang dicalonkan PKPB. Poin selanjutnya bahwa pencalonan pasangan ini tertuang dalam SK DPP PKPB No. SKEP-91/DPP-PKPB/III/2011 tanggal 10 Maret 2011 tentang Persetujuan Pencalonan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah 2011. Surat itu ditandatangani langsung Ketua Umum (Ketum) DPP PKPB Jenderal TNI (Pur.) H.R. Hartono dan Sekjen Mayjen TNI Marinir (Pur.) Hartarto. Ketua Tim Pemenangan Pasangan SAE Hi. Masdulhaq menyebutkan, dengan keluarnya SK DPP PKPB dimaksud yang diwakili Ketum dan Sekjen, secara hukum PKPB dan Syaifullah Sesunan menjadi terikat secara hukum serta mempunyai hubungan hukum. Atas dasar itulah, mereka menganggap bahwa segala keputusan yang dilakukan pengurus PKPB pada tingkatan bawah yang tidak sesuai dengan keputusan DPP dianggap tidak sah dan berlawanan dengan keputusan partai (DPP). Surat kepada KPU Tuba Barat itu disampaikan pada Senin, 18 Juli 2011 dan ditembuskan kepada Ketum DPP PKPB, ketua DPD I PKPB Provinsi Lampung, ketua DPD II PKPB Tuba Barat, dan KPU Provinsi Lampung. Pihak Syaifullah Sesunan meminta KPU Tuba Barat untuk tidak melayani pendaftaran balon bupati-wakil bupati lain yang mengatasnamakan/mendapat dukungan PKPB. Sebab, menurut Masdulhaq, pasangan yang mereka usung merupakan satu-satunya balon yang mendapat dukungan sah dari PKPB. ’’Pihak Syaifullah Sesunan juga akan mengadakan tuntutan hukum kepada pihakpihak yang mengatasnamakan PKPB dan mendaftar ke KPU Tuba Barat yang mendukung balon bupati-wakil bupati lain,” ungkap Masdulhaq kemarin. Terkait hal ini, Ketua DPD II PKPB Tuba Barat Idris Hadi mengatakan, rekomendasi DPP dapat dijadikan acuan jika memang pasangan SAE mendaftarkan diri melalui jalur parpol. (fei/c2/adi)

Dua Pasang Balon Tes Kesehatan

FOTO HELMI JAYA DAN GATRA

TES KESEHATAN: Dua pasang bakal calon bupati-wakil bupati Tuba Barat, Putra Jaya Umar–Subroto dan Syaifullah Sesunan–Edi Winarso, menjalani tes kesehatan di RSUDAM kemarin.

PDIP Tuding Khamamik Dinilai Tak Beretika Politik MESUJI – Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPD PDIP) Provinsi Lampung kembali buka suara terkait pencalonan Khamamik–Ismail Ishak melalui jalur DPC PDIP Mesuji. Wakil Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi DPD PDIP Provinsi Lampung Ferdi Gunsan H.S. menyatakan, DPP PDIP belum pernah mengubah rekomendasinya kepada Khamamik–

Ismail Ishak. ’’Hingga kini, DPP tetap pada keputusan awal. Yakni mengusung Ruswandi Hasan–Sariaman,” katanya melalui siaran persnya kepada harian ini kemarin. Tidak hanya itu. Ferdi juga membeberkan sejumlah fakta sehingga PDIP tidak bisa mengusung Khamamik–Ismail Ishak. Pertama, bebernya, Khamamik tidak melalui mekanisme yang berlaku di PDIP dan tidak pernah mendaftarkan diri pada proses penjaringan beberapa waktu lalu.

’’Kedua, Khamamik dianggap tidak mempunyai etika berpolitik yang sesuai dengan mekanisme. Padahal, Khamamik adalah ketua PDK Lampung yang tentunya mengerti cara berpolitik,” terangnya. Berikutnya, lanjut Ferdi, Khamamik dianggap mencederai dan menurunkan wibawa serta martabat keluarga besar PDIP Lampung karena tidak dianggap sebagai partai yang mempunyai mekanisme dan pengambilan keputusan sesuai hierarki partai.

’’Dalam waktu dekat ini, DPD segera menjadwalkan pertemuan dengan KPU Mesuji tentang klarifikasi dan verifikasi balon sesuai proses mekanisme partai yang diamanatkan UU No. 12/2008 tentang Pemerintahan Daerah,” bebernya. Sayangnya, Khamamik hingga tadi malam belum bisa dihubungi. Ponselnya tidak aktif sehingga telepon maupun pesan singkat wartawan koran ini tidak mendapatkan balasan. (gan/c2/adi)

BANDARLAMPUNG – KPU Tuba Barat melaksanakan tes kesehatan bagi bakal calon (balon) bupati-wakil bupati. Pelaksanaan tes kesehatan kemarin dengan pasangan Putra Jaya Umar–Subroto (PUTRO) sekitar pukul 08.00 WIB di ruang Medical Checkup Rumah Sakit Umum Daerah dr. Hi. Abdul Moeloek (RSUDAM) Bandarlampung. Pasangan PUTRO mengawali tes kesehatan dengan melakukan serangkaian tes. Mulai dari pemeriksaan darah, pemeriksaan jantung, paru-paru, THT, dan sebagainya yang selesai sekitar pukul 10.30 WIB. Kemudian diikuti pasangan Syaifullah Sesunan–Edi Winarso pada pukul 11.00 WIB yang selesai sekitar pukul 13.00 WIB. Syaifullah yang ditemui sesaat setelah semua pemeriksaan yang ia jalani mengatakan, ini merupakan rangkaian tes yang memang harus dilewati. ’’Tahapan ini sudah dijadwalkan oleh KPU. Jadi harus kita ikuti. Tinggal tunggu hasilnya saja,” ujarnya Syaifullah mengatakan, dirinya dan Edi memang berada dalam kondisi yang prima. Jadi tidak ada hambatan dalam menjalani serangkaian tes. Ketua KPU Tuba Barat Marsah mengatakan, besok (hari ini) giliran pasangan Frans Agung Mula PutraSyamsul Hadi dan Bachtiar Basri– Umar Ahmad yang menjalani tes kesehatan. (gyp/c2/adi)

Koalisi Pengusung Untung-Purwantoro Goyah PRINGSEWU – Pasangan bakal calon (balon) bupati-wakil bupati Pringsewu Untung Subroto-Purwantoro yang diusung koalisi Secancanan, yakni Partai Gerindra, PKB, PKPB, PDK, dan PDP, diterpa isu tak kondusif. Koalisi ini terindikasi goyah. Terbukti, tim sukses dari koalisi ini berupaya mengganti balon wakil bupati. Bahkan sudah dua nama disiapkan. Yakni Drs. Wanawir A.M., M.M. dan Subandono. Sekretaris Koalisi Secancanan Heri Prodwikas yang dikonfirmasi membenarkan adanya keinginan dari beberapa

tim sukses untuk mengganti Purwantoro sebagai balon wakil bupati. ’’Tapi, sangat kecil kemungkinannya untuk bisa mengganti wakilnya. Keinginan itu sebenarnya munculnya dari sejumlah tim sukses Untung Subroto,” ujarnya. Menurut Heri, munculnya ide penggantian balon wakil bupati yang dilontarkan tim sukses hanya membuang energi. ’’Kita sudah memberikan penjelasan kepada tim sukses agar mengerti keadaan,” ujarnya. Dikatakan Heri, kondisi kini memang merupakan tantangan selaku partai pen-

gusung. ’’Langkah selanjutnya, kami akan coba memberikan penjelasan kepada para tim sukses sehingga mereka bisa memahami aturan main,” ungkapnya. Terpisah, Ketua KPU Pringsewu Warsito, S.T. saat dihubungi wartawan koran ini menjelaskan, pengunduran diri seorang balon bupati ataupun wakilnya sangat tidak dimungkinkan. Terkecuali yang bersangkutan tidak memenuhi syarat. ’’Seperti diatur dalam Peraturan KPU No. 13/2010, di mana ketika pasangan balon mendaftar dan menyerahkan berkas ter-

dapat surat pernyataan tidak akan mengundurkan diri yang dilampirkan oleh masing-masing balon,” jelasnya. Menurut Warsito, memang secara teknis belum ada bentuk sanksi bagi balon yang mengundurkan diri. ’’Aturan mengenai sanksi bagi balon yang mengundurkan diri secara teknis memang tidak ada. Yang jelas, kalau balon tidak memenuhi syarat, dengan sendirinya akan didiskualifikasi sesuai ketentuan. Tidak ada unsur kesengajaan si balon dalam memberikan persyaratan pencalonannya,” kata Warsito.

Informasi yang dihimpun di lingkaran KPU Pringsewu menyebutkan kalau setidaknya sudah dua kali tim sukses dari pasangan Untung Subroto–Purwantoro mendatangi KPU Pringsewu guna berkonsultasi terkait dengan teknis dan peluang bagi balon bisa mengundurkan diri. ’’Memang benar sempat ada tim dari Untung yang datang guna berkonsultasi. Tapi, kita tidak memberikan penjelasan secara rinci karena tim sukses hanya sebatas konsultasi,” pungkas Warsito. (rnn/sag/c2/adi)


OLAHRAGA

SELASA, 19 JULI 2011

13

MENYAKITKAN 0

BRAZIL

V

PARAGUAY

0

(PARAGUAY MENANG ADU PENALTI 2-0)

LA PLATA – Dua kekuatan besar di belantika sepak bola Amerika Selatan harus out dari ajang Copa America 2011. Setelah tuan rumah Argentina tersingkir, nasib serupa dialami Brazil. Sang juara bertahan itu terhenti pada semifinal setelah kalah adu penalti 0-2 oleh Paraguay di Estadio Ciudad de La Plata dini hari kemarin. Ke ka l a ha n Brazil sungguh menyakitkan. Mereka sejatinya menguasai pertandingan. Tidak hanya pada waktu normal, tapi juga pada perpanjangan waktu. Puluhan peluang diciptakan Robinho dkk. Namun, tidak satu pun gol yang bersarang di gawang Paraguay. Adu penalti pun tidak bisa dihindarkan. Sialnya, empat eksekutor Brazil gagal semua. Elano, Thiao Silva, Andre Santos, dan Fred gagal menaklukkan kiper Paraguay Justo Villar. Di sisi lain, setelah Edgar Barreto gagal, dua penendang Paraguay sukses menjalankan tugasnya. Yakni Marcelo Estigarriba dan Cristian Riveros. Keberhasilan dua eksekutor itu cukup untuk memastikan Paraguay lolos ke semifinal. Mereka menang 2-0. ’’Kami sudah melakukan segalanya untuk menang. Hanya gol yang tidak tercipta. Kami harus lebih dewasa dan tenang menghadapi kondisi seperti ini,” kata pelatih Brazil Mano Menezes sebagaimana dilansir Associated Press. Sejak wasit Sergio Pezzotta dari Argentina memulai laga, Brazil tampil agresif. Pola 4-2-3-1 yang diperagakan pasukan Samba –julukan Brazil– berjalan efektif. Berulang-ulang Neymar dan Alexandre Pato memiliki peluang emas. Tapi, semua gagal. Performa Villar harus diacungi jempol. ’’Setelah permainan kami kali ini, saya tidak pernah merasakan hasil paling tidak fair sepanjang karir saya. Benar-benar mengecewakan,” ujar Ramires, gelandang Brazil, sebagaimana dikutip AFP. Sementara itu, Pato menilai, kegagalan Brazil tak lepas dari faktor keberuntungan. Mereka mendominasi, tapi gagal memenangi pertandingan. ’’Kali ini keberuntungan berada di pihak mereka. Kami sudah berusaha hingga akhir. Kami punya begitu banyak peluang emas dan kami kalah,” kata pemain AC Milan itu sebagaimana dikutip Goal. Senada dengan Pato, Neymar menyatakan bahwa Brazil sesungguhnya unggul jauh atas Paraguay. Tapi, keunggulan itu tidak berbuah kemenangan. ’’Kami gagal mengambil kesempatan yang ada. Sayang sekali. Begitu adu penalti, Paraguay bermain lebih baik,” ujarnya. Bagi Paraguay, melenggang ke semifinal adalah prestasi hebat. Ini kali pertama sejak 1989 mereka mampu mencapai babak empat besar Copa America. ’’Seharusnya Brazil menang selama 90 menit. Namun, terkadang hasil seperti ini terjadi. Kami tidak bisa bermain seperti biasanya,” kata Gerardo Martino, pelatih Paraguay. Berbeda dari penampilan-penampilan sebelumnya, Paraguay bermain negatif. Mereka tidak mampu melepaskan diri dari tekanan dan lebih banyak pemain yang menumpuk di barisan pertahanan. ’’Nyaris kami tidak punya peluang,” kata Martino. Hanya ada satu peluang Paraguay selama laga. Itu didapatkan Nelson Haedo Valdez pada babak perpanjangan waktu. ’’Mereka terus mendominasi. Tapi, kami mampu bertahan dengan baik,” kata Villar. Paraguay akan bersua Venezula pada semifinal (21/7). Di atas kertas, publik menjagokan Paraguay. ’’Tidak ada istilah favorit. Kami harus fokus,” kata Villar. Di sisi lain, kubu Venezuela siap menghadapi Paraguay dengan cara yang sama dengan sebelumnya. Mereka tetap percaya diri, tapi ogah terbebani. ’’Kami harus tetap bermain lepas dan biarkan mereka jadi favoritnya,” kata Cesar Farias, pelatih Venezuela. (jpnn/c2/ewi)

FOTO LUIS SANTIAGO/EPA

MENAWAN: Penampilan kiper Paraguay Justo Villar pada babak perempat final kemarin.

Malam Bahagia bagi Villar KIPER sekaligus kapten Timnas Paraguay Justo Villar layak ditahbiskan sebagai man of the match pada laga perempat final Copa America 2011 melawan Brazil kemarin. Dia melakukan sejumlah penyelamatan gemilang yang membuat gawang Paraguay tetap perawan hingga dilakukan adu penalti. Performa hebat Villar berhasil mementahkan beberapa peluang Brazil melalui Neymar, Alexandre Pato, dan Robinho. Nah, puncak kegemilangan kiper Real Valladolid itu terjadi ketika drama adu penalti. Dia berhasil mementahkan eksekusi Thiago Silva. Sementara itu, tiga penendang Brazil lainnya, yakni Elano, Andre Santos, dan Fred, juga gagal menaklukkan Villar. Wajar bila para pemain Paraguay berebut mengeluelukan Villar begitu Paraguay memastikan lolos ke semifinal. ’’Kami benar-benar bahagia. Brazil mendominasi dan kami hanya bertahan tanpa peluang,” kata Villar seperti dilansir Goal. ’’Adu penalti itu seperti lotre. Untunglah, penendang kami melakukannya dengan baik dan lawan melakukan kesalahan. Ini malam terbaik saya dan saya harap akan terus berlanjut seperti ini,” tutur kiper 34 tahun itu. Sementara itu, para pemain Brazil meratapi kekalahan menyakitkan tersebut. ’’Kami harus mengambil sisi positifnya bahwa kami melakukan banyak hal positif, tapi gagal menang,” ujar Silva. Pemain AC Milan itu berusaha berbesar hati. Namun, lain halnya dengan Elano dan kiper Julio Cesar. Mereka mengkritik kondisi lapangan Estadio Ciudad de la Plata yang dianggap mengganggu. Terutama di lokasi penalti. ’’Sulit sekali menjelaskan masalah seperti ini. Saya merasa sangat sedih dan kecewa. Saya pikir, kami sial karena bermain di lapangan yang buruk,” kata Elano. ’’Anda bisa lihat wasit telah melakukan cek lapangan. Rumput sedikit tercabut dan masuk ke titik putih,” ucap Cesar. Terlepas dari dalih Elano dan Cesar, kegagalan semua eksekutor Brazil menunjukkan bahwa mereka bermasalah. Penalti bukan melulu soal teknis, melainkan juga mental. Itulah yang masih menjadi masalah tim asuhan Mano Menezes tersebut. (jpnn/c2/ewi)

PELUANG SIRNA: Reaksi penyerang Brazil Neymar setelah gagal memaksimalkan peluang mencetak gol ke gawang Paraguay pada babak perempat final kemarin. FOTO MAXIMILIANO FAILLA/AFP

1

CILE

V

VENEZUELA

2

DAPAT UCAPAN SELAMAT DARI PRESIDEN SAN JUAN – Kejutan Venezuela terus berlanjut. Setelah lolos ke perempat final, kini mereka menggenggam tiket semifinal. Hal itu seiring dengan kemenangan 2-1 atas Cile di Estadio del Bicentenario, San Juan, kemarin (18/7). Hasil itu menguatkan sinyal bahwa Venezuela tak bisa dipandang sebelah mata. Ketika lolos dari grup B yang dihuni Brazil dan Paraguay, kiprah Venezuela belum terlalu diperhitungkan. Namun, setelah menggebuk Cile dan melenggang ke semifinal, jangan pernah lagi meremehkan Venezuela! ’’Kami mengalahkan rival yang bermain pada Piala Dunia. Para pemain Cile merasakan Piala

Dunia 2010 dan mereka tampil bagus di sana. Tapi, kami mampu mengatasi mereka dengan keteguhan hati kami,’’ tegas Cesar Farias, pelatih Venezuela, sebagaimana dilansir Associated Press. Selama ini, Venezuela dianggap sebagai tim paling lemah di Amerika Selatan. Maklum, mereka adalah satu-satunya negara di kawasan itu yang belum pernah merasakan gemerlapnya atmosfer Piala Dunia. Namun, performa Venezuela pada Copa America 2011 sungguh mengejutkan. Sukses menahan seri Brazil dan Paraguay pada fase grup bukan kebetulan. Performa positif pasukan Venezuela itu berlanjut saat meladeni Cile.

FOTO JUAN MEDINA/REUTERS

RAYAKAN KEMENANGAN: Pelatih Venezuela Cesar Farias merayakan keberhasilan pasukannya mengalahkan Cile kemarin.

Gol Oswaldo Vizcarrondo pada menit ke-34 membawa Venezuela unggul. Cile kemudian menyamakan skor pada menit ke-70 melalui striker Humberto Suazo. Itu adalah gol pertama Suazo untuk Cile sejak November 2009. Kemenangan Venezuela ditentukan oleh gol Gabriel Cichero pada menit ke-80. ’’Kejayaan buat orang-orang yang berani. Ayo kita memberikan penghargaan tertinggi buat Glorious Vinotinto (julukan Venezuela)!” tutur Presiden Venezuela Hugo Chavez di akun Twitter. Sementara itu, kubu Cile memendam kecewa. Tanpa gelandang kreatif Jean Beausejour

yang terkena skors, permainan Cile kurang berkembang. ’’Saya memang sedih, namun tidak terlalu kecewa,” kata Claudio Borghi, pelatih Cile. ’’Kami gagal memenuhi ekspektasi publik Cile. Kami harus akui bahwa Venezuela bermain dengan sangat baik sepanjang pertandingan,” sambungnya. Dua kubu sama-sama kehilangan seorang pemain pada laga itu. Pemain Cile Gary Medel mendapat kartu kuning kedua setelah sengaja menahan bola dengan tangan pada menit ke-83. Di kubu Venezuela, Tomas Rincon diusir pada menit ke-90 karena melakukan pelanggaran keras. (jpnn/c2/ewi)


14

0

Tottenham To otttten nh ha am

v Real Re R eal al Madrid Ma ad dri rid id

1

RADAR LAMPUNG

SELASA, 19 JULI 2011

AGENDA SEMIFINAL COPA AMERICA 2011 Rabu, 20 Juli 2011 Peru v Uruguay (Siaran langsung RCTI pukul 07.30 WIB) Kamis, 21 Juli 2011 Paraguay v Venezuela (Siaran langsung RCTI pukul 07.30 WIB) FORMULA 1 Minggu, 24 Juli 2011 GP Jerman (Siaran langsung Global TV pukul 18.30 WIB)

Sejarah Jadi Masalah

FOTO PATRIK STOLLARZ/AFP

SANG JUARA: Para pemain merayakan keberhasilan menjuarai Piala Dunia Putri 2011 kemarin.

BIKIN BANGGA ASIA Jepang Juara Piala Dunia Putri

DAFTAR JUARA:

FRANKFURT – Tim nasional putri Jepang membalik semua prediksi. Datang dengan status kuda hitam, mereka justru berhasil membawa pulang trofi juara di ajang Piala Dunia Putri 2011. Gelar itu diraih setelah dalam final kemarin dini hari Jepang berhasil menumbangkan favorit juara Amerika Serikat (AS). Bertarung di Commerzbank-Arena, Frankfurt, Jepang lebih dahulu tertinggal melalui gol Alex Morgan pada menit ke-69. Namun, Jepang bisa menyamakan skor pada menit ke-81 melalui Aya Miyama. Skor imbang 1-1 bertahan hingga waktu normal usai. Laga pun harus dilanjutkan dengan perpanjangan waktu. Lagi-lagi Jepang harus tertinggal lebih

2011 2007 2003 1999 1995 1991

: Jepang : Jerman : Jerman : Amerika Serikat : Norwegia : Amerika Serikat

dahulu. Striker veteran AS Abby Wambach membawa timnya unggul pada menit ke-104, tetapi mampu disamakan Homare Sawa pada menit ke-117. Jepang sempat bermain dengan sepuluh orang lantaran bek Azusa Washimizu diusir wasit asal Jerman Bibiana Steinhaus setelah melanggar Morgan. Namun, hingga peluit panjang dibunyikan, skor 2-2 tetap bertahan

sehingga memaksa dua tim melakukan adu penalti. Nah, dalam adu penalti, tiga algojo AS gagal menjebol gawang Jepang. Mereka adalah Shannon Boxx, Carli Lloyd, dan Tobin Heath. Hanya eksekusi Wambach yang sukses. Sedangkan Jepang, hanya Yuki Nagasato yang gagal. Jepang pun unggul 3-1. Kemenangan tersebut menorehkan sejarah dalam sepak bola putri Jepang. Sebab, itu merupakan kemenangan pertama mereka atas AS dalam 26 pertemuannya. Itu juga gelar pertama yang diraih Jepang sejak perhelatan Piala Dunia Putri bergulir pada 1991. ’’Kami membiarkan mereka menemukan kembali ritme permainan,” papar Pia Sundhage, pelatih AS, seperti dikutip AP.

’’Kami sangat bahagia dengan gelar ini. Sangat bahagia karena kami mampu bertahan begitu jauh di turnamen ini,” kata Sawa. ’’Sekarang kami menjadi nomor satu,” lanjutnya. Perjalanan Jepang pada Piala Dunia Putri kali ini tergolong mulus. Pada fase grup, mereka lolos dengan menyandang status runner-up grup B dengan catatan dua kali menang dan sekali kalah. Mereka hanya takluk oleh Inggris 0-2 pada laga terakhir fase grup. Di fase knockout, lawan sulit mereka hadapi. Mulanya mereka harus bertarung dengan Jerman di perempat final. Mereka menang 1-0 melalui perpanjangan waktu. Lalu, mereka mengalahkan Swedia di semifinal dengan skor 3-1. (jpnn/c3/ewi)

FOTO JUAN MABROMATA/AFP

PENGGAWA TIM: Bek Uruguay Martin Caceres (kiri) merebut bola dari penyerang Argentina Lionel Messi di perempat final Copa America 2011, 16 Juli.

LA PLATA – Setelah Argentina dan Brazil tersingkir, Uruguay menjadi kandidat kuat jawara Copa America 2011. Untuk itu, Uruguay harus lebih dulu lolos ke final. Caranya adalah mengalahkan Peru pada laga semifinal di Estadio Ciudad de La Plata besok pagi (siaran langsung RCTI pukul 07.30 WIB). Meski begitu, tidak mudah mengatasi Peru. Menilik sejarah pertemuan dua tim tersebut, Uruguay bakal mengalami batu sandungan. Sejak 1996, Uruguay dan Peru telah 12 kali bertemu. Hasilnya, Uruguay hanya sedikit lebih unggul. Mereka menang lima kali, tiga kali seri, dan empat kali kalah. Dalam bentrok terakhir di penyisihan grup C, Uruguay tak mampu menundukkan Peru. Dua tim ini berbagi angka 1-1. ’’Kami telah melewati lawan terberat, Argentina. Namun, kompetisi belum selesai, masih ada satu tantangan di depan sebelum kami mencapai puncak,” kata kiper Uruguay Fernando Muslera sebagaimana dilansir Sambafoot. Pelatih Uruguay Oscar Washington Tabarez berharap agar pasukannya tidak kehilangan spirit. Mereka harus mampu menjaga semangat yang telah dibangun sejak Piala Dunia 2010. ’’Ini momentum bagi kami,” tegas Tabarez. Di sisi lain, sukses menembus semifinal menjadi bukti ke tangguh an Peru. Padahal, mereka mengalami kesulitan seiring dengan absennya beberapa pemain pilar menjelang Copa America 2011. Paulo Guerrero mampu menutupi lubang yang ditinggalkan striker Claudio Pizarro. Selain itu, Juan Vargas tampil hebat sebagai penopang dari lini kedua. ”Lawan lebih diunggulkan, tetapi kami tidak gentar. Justru situasi ini akan memberikan tekanan lebih kepada mereka,” tegas Vargas sebagaimana di kutip Goal. (jpnn/c3/ewi)

Bingung Rumuskan Format Kompetisi JAKARTA – Salah satu tugas besar PSSI adalah menentukan format kompetisi musim depan. Itu bukan pekerjaan mudah. Sebab, ada dua model kompetisi yang harus dijadikan satu. Yakni, Indonesia Super League (ISL) dan Liga Primer Indonesia (LPI). ’’Terus terang, kami bingung juga memikirkannya. Sudah ada beberapa opsi yang kami bahas dan akan terus kami matangkan,’’ kata Sihar Sitorus, anggota Executive Committee (Exco) PSSI yang juga koordinator PT Liga Indonesia dan Badan Liga Amatir Indonesia (BLAI), kepada Jawa Pos (grup Radar Lampung) kemarin (18/7). Ada wacana menggabungkan ISL dan LPI. Namun, pilihan itu bakal berdampak besar. Salah satunya penolakan klub-klub Divisi Utama dan yang ada di bawahnya, yang selama ini telah ’’berdarah-darah’’ demi menggapai tiket promosi. Untuk membicarakan format ideal kompetisi musim depan, PSSI akan mengundang semua anggota klub profesional di tanah air. Yaitu, wakil dari klub ISL, Divisi Utama, dan LPI. Pertemuan tersebut bakal dihelat di Jakarta, Senin (25/7). Untuk memberikan pencerahan kepada klubklub itu, PSSI juga berencana mendatangkan utusan dari AFC (Konfederasi Sepak Bola Asia). Menurut Sihar, titik berat dari pertemuan tersebut adalah ’’menyadarkan’’ klub-klub bahwa musim depan sudah pasti tidak ada lagi kucuran APBD untuk klub profesional. (jpnn/c3/ewi)

Capai Kesepakatan dengan Corinthians PINDAH KLUB: Penyerang Argentina Carlos Tevez (kiri) dibayangi gelandang Uruguay Alvaro Gonzalez di perempat final Copa America 2011, 16 Juli. FOTO EITAN ABRAMOVICH/AFP

MANCHESTER - Saat pentas Premier League bergulir bulan depan, Manchester City sudah tidak lagi diperkuat Carlos Tevez. Sebab, menurut klaim yang disampaikan kubu City, mereka sudah mencapai kesepakatan soal masa depan bomber timnas Argentina itu. Di mana, Tevez bakal kembali ke klub lamanya Corinthians. Klub Brazil itu pekan lalu sudah me-

ngajukan tawaran sebesar 40 juta pounds. Tawaran itu ditolak City. Mereka baru mau melepas Tevez jika ada penawaran sebesar 50 juta pounds. Namun, di sela tur pramusim di Amerika Utara, Roberto Mancini selaku manajer City membenarkan telah terjadi kesepakatan antara kedua kubu. ’’Ya, kami sudah mencapai kesepakatan

dengan Corinthians. Tapi, sejauh ini Carlos masih berstatus pemain City,” ungkap Mancini kepada Sky Sports. Mancini tak bisa memastikan apakah Tevez sudah mencapai kesepakatan personal dengan Corinthians, meski sudah ada kesepakatan antara kedua klub. ’’Saya tak tahu soal itu. Saya ulangi, saat ini Carlos masih pemain City. Saya juga menunggu. Saat ini kami di sini, bekerja dengan orang lain. Kami harus memikirkan hal ini,” timpal pria asal Italia itu. Kubu Corinthians sendiri mengakui kalau Tevez akan bergabung. ’’Hari ini (Minggu waktu setempat) memang tidak ada aktivitas apa-apa. Saya berharap semua bisa dituntaskan besok (hari ini WIB) dan kami bisa melengkapi berkas kontrak sekaligus mengumumkan kehadirannya,” papar Edu Gaspar, Direktur Corinthians kepada Globoesporte. Di sisi lain, City segera mencari pemain baru untuk mengisi pos yang ditinggalkan Tevez. Nah, kini pemain yang masuk dalam radar City adalah bomber Atletico Madrid dan timnas Argentina Sergio Aguero. Aguero sempat mengatakan kalau dia akan me nentukan masa depannya setelah perhelatan Copa America 2011. Nah, menyusul kegagalan Argentina meraih tiket semifinal, Aguero diharapkan segera menentukan klub mana yang akan dia bela. ’’Dia (Aguero) ingin bernegosiasi setelah Copa America. Sepanjang pekan ini segalanya memang masih simpang siur,” papar Hernan Reguera yang merupakan agen Aguero kepada Ole. (jpnn/c3/ewi)

Pilih Boaz, Irfan Ditinggal JAKARTA – Terpilih sudah nama-nama pemain tim nasional (timnas) Indonesia yang akan menantang Turkmenistan pada leg pertama kualifikasi Piala Dunia 2014. Dari 26 pemain yang mengikuti seleksi, tim pelatih akhirnya hanya memilih 19 nama (selengkapnya lihat grafis). Mereka akan berangkat ke Ashgabat, Turkmenistan, besok malam (20/7) untuk melakoni laga pada 23 Juli nanti. Di antara pemain yang terpilih, terdapat nama striker Boaz Solossa. Pemain Persipura Jayapura itu baru menjalani sekali latihan kemarin pagi (19/7). Masuknya Boaz membuat Irfan Bachdim tersingkir. Padahal, satu-satunya pemain dari klub Liga Primer Indonesia (LPI) tersebut mengikuti latihan sejak hari pertama. ’’Berdasar pengamatan dan pemantauan selama latihan, nama-nama inilah yang kami bawa ke Turkmenistan,” kata Rahmad Darmawan, asisten pelatih timnas, saat konferensi pers di Jakarta kemarin. Kebugaran pemain menjadi pertimbangan

utama. Saat dipanggil ke Jakarta, stamina para pemain jauh dari ideal. Penyebabnya, mereka tengah menikmati libur kompetisi yang cukup lama. ’’Pertimbangan lainnya adalah terkait dengan skema dan strategi yang akan kita mainkan di sana,” kata Rahmad. Soal Boaz, Rahmad yakin pilihannya tepat. Menurut dia, tak ada alasan untuk tidak membawa pemain terbaik sekaligus topskor Indonesia Super League (ISL) 2010–2011 itu. ’’Kita semua tahu kualitas permainan Boaz. Secara stamina, dia juga tidak bermasalah karena dibanding tim lain, Persipura masih

DICORET: Irfan Bachdim (kiri) dan Zulkifli Syukur berlatih di lapangan latihan PSSI, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 17 Juli lalu. FOTO HENDRA EKA/JPNN

PEMAIN TIMNAS KE TURKMENISTAN Kiper: Ferry Rotinsulu, Markus Horison Belakang: Supardi, Zulkifli Syukur, M. Nasuha, M. Roby, Ricardo Salampessy, Wahyu Wiji Astanto Tengah: Ahmad Bustomi, Tony Sucipto, Eka Ramdani, Firman Utina, M. Ridwan, Arif Suyono, Oktavianus Maniani, M. Ilham Depan: Cristian Gonzales, Bambang Pamungkas, Boaz Solossa

menjalani pertandingan saat tim lain sudah libur. Persipura juga tetap berlatih untuk persiapan main di Piala AFC,” jelas pelatih Persija Jakarta itu. Bagaimana Irfan? Rahmad menyatakan, pemain Persema Malang tersebut tidak dibawa karena staminanya kurang bagus. ’’Irfan lama istirahat. Otot pangkal pahanya juga bermasalah saat latihan. Jadi, posisinya diisi pemain lain,” terangnya. Sementara itu, fisioterapis timnas Mathias Ibo mengungkapkan, kondisi stamina para pemain hanya sekitar 80 persen. (jpnn/c3/ewi)

HOPE SOLO

Petaka karena Abaikan Cedera HOPE Solo dianggap sosok yang paling besar kontribusinya atas sukses Amerika Serikat (AS) menembus fase final. Tetapi, setelah AS gagal merebut gelar juara, Solo dianggap sebagai salah seorang biang keladinya. Lho, kok bisa? Ya, kalau saja kiper jelita itu mau menerima perawatan tim medis saat mengalami cedera lutut, mungkin AS bisa menang tanpa harus melalui adu penalti. Solo cedera setelah berbenturan dengan Yukari Kinga pada awal babak kedua perpanjangan waktu. Saat itu AS sudah unggul 2-1. Ternyata, cedera pada lutut Solo makin parah sehingga tak bisa lagi menahan rasa sakit. Dengan kondisi lutut yang masih cedera, Solo pun tak bisa menahan tendangan kaki kanan Homare Sawa tiga menit sebelum babak kedua perpanjangan waktu usai. Gol itu pula yang memaksakan dua tim melakukan adu penalti. ’’Saya harus tetap bermain meski cedera. Nuraniku mengatakan, saya tak boleh meninggalkan lapangan untuk menjaga kepercayaan tim,” urai Solo soal alasannya tetap bermain meski cedera kepada Reuters. Solo yang tampil gemilang sepanjang tur namen akhirnya berhasil merebut Golden Glove Award atau Kiper Terbaik. Dia juga meraih Bronze Ball, sedangkan Silver Ball diraih rekannya, Abby Wambach, dan Gol den Ball milik bomber Jepang Homare Sawa. Namun, sederet gelar itu tetap tak bisa mengobati rasa kecewa Solo. Pasalnya, sejak awal dia hanya mengincar gelar juara. ’’Saya benar-benar merasa bahwa di turnamen ini kami datang untuk menang,” ucapnya. ’’Ada perasaan yang aneh malam ini (kemarin dini hari WIB). Rasanya aneh, kami harus meninggalkan Jerman dan kami tidak membawa trofi juara,” sesalnya. (jpnn/c3/ewi)


15

SELASA, 19 JULI 2011

Alberto Contador

INCAR

ETAPE ALPEN MONTPELLIER – Tour de France 2011 berlangsung kurang mulus bagi juara bertahan Alberto Contador. Hingga berakhirnya etape ke-15, pembalap yang kini memperkuat tim SaxoBankSungard itu masih tertahan di peringkat ketujuh klasemen umum. Dia gagal mengambil alih pimpinan klasemen ketika etape pendakian di pegunungan Pyrenees pekan lalu. Cedera lutut menjadi penghalang bagi Contador. Dia mendapatkannya pada pekan pertama setelah terlibat dalam tiga kali kecelakaan di tiga etape berbeda. Akibatnya, pembalap Spanyol itu sudah tertinggal cukup jauh untuk memberikan tekanan pada pekan kedua. Kini juara Tour de France tiga kali itu masih berada pada peringkat ketujuh. Dia tertinggal empat menit dari pimpinan klasemen Thomas Voeckler (Prancis/ Europcar). ’’Karena beberapa kecelakaan, saya harus mengubah gaya mengayuh saya. Lutut kanan saya terluka, sehingga saya harus mengandalkan lutut yang lain dan itu mengubah cara saya mengayuh sepeda,’’ ungkap Contador seperti dikutip Eurosport. Meski demikian, harapan Contador untuk mempertahankan gelarnya masih amat terbuka. Masih ada rangkaian

etape pendakian. Kali ini di pegunungan Alpen yang diprediksi akan mengubah susunan penghuni peringkat sepuluh besar. Etape pendakian Alpen akan dimulai di etape ke-17 dari Gap menuju Pinerolo. Setelah tiga pendakian yang berakhir di L’Alpe d’Huez, tur dilanjutkan dengan Individual Time Trial (ITT). Di ITT itulah, Contador mendapatkan peluang terakhirnya sebelum hari berikutnya menjalani etape terakhir menuju ChamsElysees, Paris. ’’Makin hari terasa makin baik. Saya yakin untuk pendakian Alpen. Etape ke-18 (Pinerolo-Serve Chevalier) adalah yang terberat dengan tanjakan tertinggi di Col d’Agnel,’’ ujarnya. ’’Saya yakin, kondisi saya akan jauh lebih baik di Alpen daripada di Pyrenees. Jika kaki saya bagus, saya akan menekan karena itu gaya saya,’’ lanjutnya. Dia menegaskan tak akan menunggu hingga ITT untuk memberikan serangan. Sebab, dia memperkirakan, para pesaingnya akan menjaga keunggulan dan memiliki kemampuan yang berimbang di ITT. ’’Di Alpen, tanjakannya lebih panjang dan lebih curam. Bisa jadi yang tampil bagus di Pyrenees akan mendapatkan kekecewaan di Alpen,’’ jelasnya. (jpnn/c2/ary)

FOTO /PASCAL ROSSIGNOL/REUTER

Tiongkok Dekati Peluang Sapu Bersih

Rossi Masih Berharap pada GP11.1 SACHSENRING – Finis di urutan sembilan MotoGP Jerman tentu tak istimewa bagi Valentino Rossi. Pembalap Ducati itu gagal memberikan persaingan seru di kelompok terdepan dengan motor Ducati Desmosedici GP11.1 yang ditungganginya. Namun, Rossi tak merasa kecewa dengan hasil itu. Balapan di Sachsenring, Minggu (17/7), sekaligus membuat Rossi tersadar dengan performa GP11.1. Sehari sebelumnya, dia sempat murka akibat performa GP11.1 yang jauh dari harapan ketika kualifikasi hanya memberinya posisi start dari urutan 16. Dia sempat berpikir lebih baik memakai motor lama GP11. Kini pikiran itu makin luntur. Dia tak yakin akan kembali ke motor lama. Performa GP11.1 pada hari balapan membuatnya yakin motor proyeksi musim depan itu punya potensi yang besar.

’’Pada Sabtu malam (setelah kualifikasi), saya masih yakin akan memakai motor lama di Laguna Seca (MotoGP Amerika Serikat pekan ini). Tapi, melihat yang saya dapatkan ketika balapan, kami akan mempertimbangkannya lagi,’’ ungkap Rossi seperti dikutip Gazzetta dello Sport. Kru Ducati bekerja keras sepanjang malam usai kualifikasi hingga pagi hari menjelang sesi pemanasan. Mereka memodifikasi setting, terutama pada handling mesin. Hasilnya, Rossi finis di urutan sembilan. ’’Pada pagi hari (sebelum balapan), kami membuat modifikasi besar yang tak pernah kami lakukan. Keseimbangan beban yang berbeda dengan beban mengarah ke belakang. Jadi, saya bisa mendapatkan grip lebih baik di belakang,’’ beber Rossi. GP11.1 memang mendapatkan peningkatan dalam semalam.

Namun, masih terlalu jauh dengan barisan terdepan, Honda dan Yamaha. Bahkan, GP11.1 tak lebih cepat dari GP11 yang masih ditunggangi rekan setim Rossi, Nicky Hayden. ’’Berita buruknya, motor GP11 Hayden dan GP11.1 saya kurang lebih sama, padahal kami berharap GP11.1 akan lebih cepat. Terserah pada Ducati mencari jawabannya,’’ urai Rossi. Apa pun yang terjadi, yang terpenting bagi Ducati sekarang ini adalah Rossi masih menyatakan kesetiaannya. Dari sembilan balapan, Rossi belum menang sekali pun dan tertinggal 70 poin dari Casey Stoner (Repsol Honda) yang memuncaki klasemen. ’’Apakah saya akan berada di Ducati pada 2012? Saya jawab, Saya pikir begitu, berarti bahwa saya pikir tetap di sini adalah pilihan logis,’’ lanjutnya. (jpnn/c2/ary)

Valentino Rossi

SHANGHAI – Tiongkok makin mendekati sejarah Kejuaraan Dunia Akuatik. Empat medali emas sudah mereka raih pada tiga hari pertama penyelenggaraan cabang loncat indah. Empat emas itu merupakan sapu bersih dari seluruh nomor final yang sudah dipertandingkan. Pasangan Chen Ruolin dan Wang Hao meraih emas pada nomor sinkronisasi papan 10 meter putri. Sebelumnya, Li Shixin dan He Min menunjukkan dominasi untuk menjadi juara dan runnerup pada nomor papan 1 meter. Chen meraih medali emas kali ketiga secara beruntun pada kejuaraan dunia. Bersama Wang, dia mendominasi sejak kualifikasi. Pada akhir kompetisi, Chen/Wang meraih 362,48 poin. Sementara pasangan Australia Melissa Wu dan Alexandra Croak meraih perak serta Christin Steuer dan Nora Subschinski mendapatkan perunggu.

’’Saya kira tiga tim penghuni posisi teratas punya peluang besar untuk menang. Itu hanya bergantung pada siapa yang memberi penampilan terbaik. Saya tak pernah berpikir terlalu banyak sepanjang kompetisi atau penampilan saya akan memberikan pengaruh,’’ ungkap Chen kepada AFP. Pada kelompok putra, Li Shixin mengawali kiprahnya dengan tak begitu baik. Dia sempat berada di posisi ketiga sebelum tampil mengesankan pada kesempatan lompatan ketiga untuk langsung mengambil alih pimpinan. Pada kesempatan yang sama, He Min juga memperbaiki penampilannya untuk naik ke posisi kedua dari posisi keempat. ’’Saya tidak tampil dengan baik pada awal, tapi saya mampu tampil lebih rileks pada tiga lompatan terakhir. Saya sedikit nervous sepanjang penampilan hari ini,’’ kata Li. Klimaks dari persaingan pada

nomor itu sempat terganggu dengan insiden yang dialami atlet Meksiko Daniel isles. Saat melakukan lompatan terakhir, kaki kanannya membentur papan lompat. Dia meninggalkan kolam renang dengan bantuan kursi roda. Setelah tiga hari kompetisi pada cabang loncat indah, Tiongkok tak hanya menguasai medali. Tapi, para atlet negeri panda selalu memenangkan tiap perlombaan. Kini Tiongkok bersiap menjadi negara pertama yang melakukan sapu bersih terhadap sepuluh emas yang diperebutkan dari cabang loncat indah. Pada kejuaraan dunia terdahulu, Tiongkok memang menunjukkan dominasinya, namun gagal melakukan sapu bersih. Tiongkok memenangkan tujuh dari delapan medali emas pada Olimpiade Beijing 2008 dan tujuh dari sepuluh emas pada Kejuaraan Dunia Akuatik 2009 yang berlangsung di Roma, Italia. (jpnn/c2/ary)


OPINI

SELASA, 19 JULI 2011

General Manager: Purna Wirawan Pimpinan Perusahaan: Ismail Komar Manager Iklan: Desti Mulyati Staf Iklan: Leny Hartanti, Novi Sofian Fikri (Administrasi), M. Shahib (Design iklan) Iklan Perwakilan Jakarta: Aspandar Nasution (kepala), Falma Manager Event Organizer (EO) Liris Vawina Staf Event Organizer Indah Sumaputri Manager Pemasaran Marlinda (pjs) Staf Pemasaran: Hery, Agus, Supriyadi, Adi Irawan Manager Keuangan: Sarri Octarini, Anna Susanti (kasir) , Pas Irvanus (akunting) Manager Personalia dan Umum: Faradiba Staf Manager Personalia dan Umum: Roby Junasari, Aris, Didik S, Hary, Erwin Sajjah Dewan Pengawas: Ardiansyah (Koordinator) Anggota Dewan Pengawas: Taswin Hasbullah, Abdurrahman, Ibnu Khalid Penerbit: PT Wahana Semesta Lampung Komisaris Utama: Alwi Hamu Komisaris: Lukman Setiawan, Dwi Nurmawan Direktur Utama: Suparno Wonokromo Direktur: Ardiansyah Percetakan: PT Lampung Intermedia Pencetak: Budi S.(kabag) Suparman, Z. Arifin, Pujianto, Jenianto, Alim, Joko

Pemimpin Redaksi: Nizwar Dewan Redaksi: Ade Yunarso (koordinator), Anggota: Nizwar, Eko Nugroho, Adi Pranoto, Irwansa, Redaktur Senior: Eko Nugroho Redaktur: Adi Pranoto, Irwansa, Alam Islam, Ary Mistanto Asisten Redaktur: Senen, Trufi Murdiani, Taufik Wijaya, Abdul Karim Staf Redaksi: Syaiful Amri, Widisandika, Nurlaila Yanti, Wirahadikusumah, Eka Yuliana, Maria Ulfa, Fajar Arifin, Yuda Pranata, GatraYuda (Bandarlampung), Muhammad Ma’ruf (Metro), Dwi Prihantono (Lamtim), Kohar Mega (Lampura), Edy Herliansyah (Tanggamus), Agus Suwignyo (Pringsewu-Pesawaran), Yusuf A,S. (Tulangbawang), Gede Putu Kristanto (Lamteng), Abdurahman (Lamsel), Hermansyah (Waykanan) Segan P.S( Mesuji) Wartawan Jakarta : Dina Puspasari, Kusumayuda Copy Editor: Rudy Saputra, Syaiful Mahrum Sekretaris Redaksi : Masriani Kabag Pracetak: Riswadi Pracetak: Ripto D., Helmi Jaya, Nopriyadi, Farabi Lincoln, HendrawanPoerbantara, Asep Supriyadi, Iwan N, Heru, Arya Bayu Alamat: Jalan Sultan Agung No. 18 Kedaton, Bandarlampung, Telp. (0721) 789750-782306, Faks. (0721) BNI Cabang Tanjungkarang No. Rek. 007.149.0467 BCA Cabang Telukbetung No Rek 0200.721.799 Bank atas nama PT Wahana Semesta Lampung Email: redaksi@radarlampung.co.id Homepage: www.radarlampung.co.id

Kegamangan Nasional Demokrat Organisasi kemasyarakatan (ormas) Nasional Demokrat atau yang lebih populer dengan sebutan Nasdem tengah diterpa krisis. Salah seorang inisiator yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina, Sri Sultan Hamengku Buwono X, menyatakan mundur dari ormas yang mengusung jargon restorasi Indonesia ini. ALASANNYA, visi Nasdem tak lagi sejalan karena adanya dualisme dalam tubuh Nasdem. Satu berbentuk ormas sesuai dengan tujuan ketika dideklarasikan, di lain sisi terdapat Partai Nasdem yang telah didirikan dan siap bersaing dalam Pemilu 2014. Keberadaan Nasdem sebagai partai politik yang akan berkompetisi dalam pemilu bukanlah hal yang mengejutkan. Sejak awal, dapat diprediksi arah organisasi kemasyarakatan Nasdem akan dibawa. Meski dalam inisiasinya para pendiri Nasdem sepakat bahwa Nasdem adalah gerakan

NAMA M. Nazaruddin mencuat sejak dirinya disebutsebut terlibat dalam korupsi pembangunan wisma atlet di Jakabaring, Palembang. Mantan bendahara umum Partai Demokrat ini pun menjadi buruan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Interpol. Bahkan untuk mempermudah menggiring Nazaruddin ke tanah air, diadakanlah sayembara berhadiah. Awalnya, hadiah sayembara Rp100 juta bagi siapa saja yang bias menangkap Nazaruddin hidup atau mati. Kini hadiah sayembara naik menjadi Rp150 juta. Ini dilakukan untuk memompa respons masyarakat memburu tersangka kasus suap wisma atlet itu. Presiden Lumbung Informasi Rakyat (Lira) M. Jusuf Rizal menyatakan akan naikkan per 2–3 minggu agar responsibility tinggi. Jusuf menegaskan, hadiah sayembara tersebut hanya berlaku untuk tempo 2 bulan. Besarnya hadiah sayembara sangat bergantung dengan dana yang digalang federasi LSM. Jika dalam jangka waktu 2 bulan Nazaruddin tidak tertangkap, nanti uang yang terkumpul dari civil society disayembarakan lagi untuk kasus-kasus korupsi lainnya. Ternyata respons masyarakat sangat luar biasa dan beragam terkait adanya sayembara ini. Masyarakat yang memiliki informasi tentang Nazaruddin dapat memberikan informasi ke cabang-cabang Lira di 33 provinsi. Ada yang berpendapat Nazaruddin sulit ditangkap karena barangkali dilindungi atau pun dibantu politikus busuk. Ada juga yang melaporkan Nazaruddin pernah terlihat di jaringan Islam di Mindanao, Filipina. Ada yang meyakini Nazaruddin kemungkinan sudah ada di dalam negeri dengan mengubah dirinya seperti Gayus. Selain itu, Lira mengantongi informasi yang menyebut misalnya, Nazaruddin memiliki aset yang luar biasa di Riau berupa kebun kelapa sawit. Demikian pula di Siantar. Jusuf berpendapat, penegak hukum sebaiknya menggunakan berbagai cara untuk mencari Nazaruddin, termasuk meminta bantuan 'orang pintar'. Bahkan, menurutnya, ada kelompok paranormal yang siap membantu mencari Nazaruddin dan meminta hadiah Rp1 miliar. Mereka bisa mengetahui aktivitas Nazaruddin lewat cenayang. Timbul pertanyaan publik, sebegitu sulitkah menangkap seorang Nazaruddin sampai muncul desakan menggunakan jasa ’’orang pintar’’?. (*)

Wartawan Radar Lampung selalu dibekali kartu pers Wartawan Radar Lampung tidak boleh menerima atau meminta sesuatu dari siapa pun dengan alasan apa pun. Jika menemukan pelanggaran terhadap dua poin tersebut, silakan hubungi Nizwar dengan nomor 0811723705.

berbasis sosial-kemasyarakatan, bukan gerakan politik, motor pendiri Nasdem adalah Surya Paloh yang notabene mantan politisi Partai Golkar yang keluar pasca kekalahannya dalam perebutan ketua umum. Walau ditampik oleh pengurus bahwa Partai Nasdem berbeda dari ormas Nasdem, toh tak dapat dipungkiri bahwa partai Nasdem diusung kader-kader ormas Nasdem itu sendiri. Sehingga, kini sangat sulit dibedakan mana ormas maupun partai. Ambiguitas inilah yang justru menjadi blunder, bahkan ketua dewan pembina Nasdem pun kemudian mundur karena alasan ini. Jika memang Partai Nasdem bukan merupakan institusi resmi, seharusnya ormas Nasdem menegur dan melarang penggunaan nama yang sama, disertai kemiripan-kemiripan simbol-simbolnya karena jelas itu merupakan tindakan pemboncengan. Tetapi petinggi ormas sama sekali tak mengambil tindakan atas keberadaan Partai Nasdem yang dideklarasikan kader-kadernya. Artinya, ormas mengizinkan adanya sisipan partai dalam tubuh organisasinya, dan menjustifikasi persepsi masyarakat bahwa Nas-

Oleh M.M. Gibran Sesuna Mahasiswa Fakultas Hukum UGM dem memang sejak awal bermotif politik, bukan sosial. Secara hakiki, jelas terdapat perbedaan mendasar antara sebuah ormas dengan parpol. Ormas membawa misi sosial untuk memperkuat fondasi kemasyarakatan. Sementara parpol membawa tujuan politik yang tentunya tak pernah lepas dari kepentingan di dalamnya, dan kekuasaan adalah hilir segalanya. Keberadaan Partai Nasdem yang membonceng ketenaran ormas Nasdem tentu merugikan ormas Nasdem baik secara institusional maupun fungsional. Saat ini, ormas Nasdem menjadi alternatif gerakan sosial yang tengah naik daun, selain karena kampanye-kampanye perbaikan bangsa dengan restorasi, Nasdem juga dimotori tokoh-tokoh yang kredibilitasnya diakui di pentas nasional. Sebut saja Anies Baswedan, Syafii Maarif, Jeffrie Geo-

vannie, dan lain sebagainya. Dengan adanya motif politik terselubung yang ditandai dengan berdirinya partai Nasdem, tentunya para tokoh penggerak yang tak memiliki tujuan politik tertentu saat mengusung Nasdem kebingungan dan berpikir seribu kali dengan adanya dualisme dalam tubuh Nasdem yang telah melenceng dari tujuan awal, Sultan adalah contohnya. Kepercayaan dan simpati masyarakat terhadap keberadaan Nasdem bisa luntur seketika ketika Nasdem inkonsisten membawa visi dan misinya. Ya, masyarakat sudah lelah dengan kondisi politik nasional yang terlalu gaduh, riuhrendah, buas, dan kerapkali saling mencaci. Masyarakat kini butuh organisasi yang bisa memberi pemahaman politik secara berwibawa dan bermartabat, bukan malah ikut meramaikan carutmarut rimba politik nasional yang buas. Kerugian lain yang diderita ormas Nasdem dengan adanya partai sisipan adalah berkurangnya kader dan simpatisan. Tak dapat dipungkiri, banyak kader Nasdem merupakan pegawai negeri sipil (PNS), yang secara hukum dilarang terjun ke politik praktis. Dualisme

ini membuat kader birokrat gamang dengan posisinya, dan sangat mungkin kader-kader tersebut hengkang dari Nasdem. Yang tak dipertimbangkan Nasdem ketika memutuskan terjun ke dunia politik, pengurus Nasdem di daerah mayoritas berasal dari kalangan kader partai politik. Dengan adanya partai Nasdem ini, Nasdem sebagai partai baru yang belum tentu besar peluangnya menembus ambang batas partai tentu tak menarik lagi untuk digeluti, terlebih untuk kader partai loyalis, tentu tak akan dengan mudahnya berpaling ke partai lain. Yang ada, suara dari Nasdem akan dibawa menjadi suara partai asalnya. Untuk itu, Nasdem sebagai ormas tak seharusnya mengkhianati kepercayaan rakyat yang begitu besar dengan berpolitik praktis. Sudah selayaknya, Nasdem kembali ke khitahnya sebagai organisasi alternatif yang mampu menghadirkan solusi atas berbagai permasalahan bangsa. Seperti halnya Jepang yang telah menikmati hasil dari Restorasi Meiji, Nasdem sesuai visinya pun harus mampu mewujudkan gerakan kesadaran nasional: restorasi Indonesia! (*)

Privatisasi BUMN

ISI DI LUAR TANGGUNG JAWAB PERCETAKAN

Sayembara Nazaruddin

17

Privatisasi atau penjualan aset publik merupakan gejala yang umum di dunia saat ini. Upaya privatisasi yang merupakan kebijakan publik yang mengarahkan bahwa tidak ada alternatif lain selain pasar yang dapat mengendalikan ekonomi secara efisien, dimulai di Inggris pada awal 1980-an dan menjadi tema sentral pada hampir semua negara. DAYA gerak lain dari privatisasi adalah kecenderungan menuju desentralisasi, antara lain penghapusan monopoli sektor publik. Pihak-pihak yang mengusulkan privatisasi (privatization proponents) sering memadukan kedua strategi tersebut untuk mendapatkan hasil yang optimal. Latar belakang pemerintah melakukan privatisasi dan pelaksanaannya berbeda-beda di setiap negara. Namun demikian, terdapat suatu kesamaan motif atau tujuan, yaitu meningkatkan efisiensi sektor publik. Melalui kinerja efisiensi perusahaan swasta diharapkan fokus pengendalian biaya dapat dilakukan dengan lebih tajam dan sistematis. Dengan demikian akan didapatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik dan laba yang cukup untuk menjaga kelangsungan perusahaan bentukan negara tersebut. Keputusan untuk melakukan privatisasi sering menimbulkan perdebatan, terutama bila privatisasi mencakup pelayanan jasajasa yang sangat penting (essential)

bagi masyarakat. Seperti penyediaan air minum dan tenaga listrik. Hal ini berkaitan erat dengan adanya kekhawatiran di masyarakat akan diabaikannya tujuan sosial oleh perusahaan swasta dalam upayanya meningkatkan efisiensi. Khususnya menyangkut tarif jasa yang sesuai dengan daya beli masyarakat (affordable tariff). Penafsiran pasal 33 UUD 1945 dalam kaitannya dengan upaya privatisasi merupakan isu pokok dalam kajian ini, mengingat bahwa penafsiran pasal tersebut sering menjadi polemik yang berkembang di masyarakat menanggapi rencana pemerintah untuk melanjutkan proses privatisasi BUMN dan deregulasi usaha dan pasar di tanah air. Selanjutnya, penafsiran kembali pengertian ’’dikuasai oleh negara’’ dalam pasal 33 UUD 1945 yang eksplisit dilakukan oleh UU No. 5/1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria yang secara tegas menyatakan bahwa pengertian ’’dikuasai’’ bukanlah berarti ’’dimiliki’’ akan tetapi diartikan sebagai ’’yang memberi

Selidiki Siswa Titipan KEPADA Gubernur Lampung. Tolong berikan sanksi kepada kepala sekolah dan semua panitia penerimaan murid baru di Sekolah Usaha Perikanan Menengah Negeri (SUPMN) Waigelang, Kotaagung Barat, Tanggamus. Sebab, tes sudah dijalani oleh calon murid baru selama tiga hari. Saat diumumkan hasil tes 7 Juli, ternyata putraputri Tanggamus yang hasil tesnya bagus ternyata tidak lulus. Dan yang dinyatakan lulus dari 150 orang ternyata banyak titipan orang yang dekat dengan guru dan kepala sekolah. Dan, banyak cerita orang tua murid yang lulus tes mereka banyak mengaku diminta uang sogok di atas Rp2 juta per murid bahkan lebih agar anak mereka bisa diterima sekolah di SUPMN. Kami yang tak lulus merasa kecewa sekali karena cara menyimpang harus dilakukan di SUPMN. Harapan kami, tolong Pak Gubernur turun tangan menindak kepala sekolah dan

Oleh Candra Stiawan Penggiat Kajian Sosialita wewenang kepada negara’’ sebagai organisasi kekuasaan dari bangsa Indonesia untuk: Pertama, mengatur dan menyelenggarakan peruntukan, penggunaan, penyediaan dan pemeliharaannya. Kedua, menentukan dan mengatur hak-hak yang dapat dipunyai atas bagian dari bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya. Ketiga, menentukan dan mengatur hubungan hukum antara orang-orang juga perbuatan-perbuatan hukum yang mengenai bumi, air, serta kekayaan alam yang terkandung di dalamnya. Segala sesuatunya dengan tujuan untuk mencapai kemakmuran rakyat. Ketentuan yang berusaha memberi pemaknaan yang lebih jelas atas pasal 33 UUD 1945 tidak tampak dalam UU No. 19/2003 tentang BUMN, khususnya pasal 76 dan 77 UU No. 19/2003 mengenai kriteria privatisasi. Kata-kata privatisasi BUMN tidak dapat dilakukan pada Persero yang bergerak di bidang usaha yang berkaitan dengan pertahanan dan keamanan dan sumber daya

alam hanya akan menimbulkan polemik baru setiap kali Pemerintah akan melakukan privatisasi BUMN yang bergerak di industri strategis, mengingat kata-kata ’’sumber daya alam’’ atau ’’bidang usaha berkaitan dengan pertahanan dan keamanan’’ memiliki pengertian yang beraneka ragam dan dinamis. Pemerintah seyogyanya berusaha menghindari polemik seperti yang terjadi pada waktu penjualan saham Indosat dan Telkomsel ke mitra strategis asing. Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa apabila ketentuan pasal 33 ayat 2 dalam UUD1945 diberikan penafsiran yang sempit, maka sistem warisan kolonial Belanda yang diadopsi pada tahun 1950-an lah yang paling konsekuen dengan bunyi pasal tersebut. Namun kita semua menyadari bahwa sistem tersebut membutuhkan birokrasi yang terampil, besar dan mahal, serta mempersempit peran anggota masyarakat dan swasta dalam usaha penyediaan bahan-bahan pokok seperti air minum, tenaga listrik dan bahan bakar. Dengan demikian, penafsiran kembali ketentuan pasal 33 UUD 1945 dalam perkembangan perundang-undangan kita selama ini cukup sulit, mengingat sesungguhnya kata-kata ’’dikuasai oleh negara’’ dapat mempunyai berbagai pengertian. Yaitu mulai dari

panitia penerimaan murid baru karena sangat merugikan murid yang lulus. (087797954808)

jalan menuju Desa Banjarejo tepatnya Desa Tglsari, Gadingrejo. (085769683151)

Selamat untuk PDAM

Kapan Rapel Gaji Dibayar

SELAMAT buat PDAM, dapat menyumbang mobil buat PKK Kota Bandarlampung walau air yang hilang besar. Dan, di sana sini banyak pelanggan tidak dapat air. (087899227326)

Jalan Rusak (1) MOHON prioritaskan pembangunan jalanjalan dari Simpangpematang menuju SP 8 karena rusak total. Padahal, jalan itu untuk jalur utama. Apalagi kalau musim hujan, tidak bisa dilewati. Kepada calon bupati yang akan menjabat, siapa pun yang jadi, tolong diperbaiki. (082184318897)

Jalan Rusak (2) KEPADA Bupati Pringsewu. Tolong perbaiki

KEPADA Juru Bayar Dinas Kesehatan Pringsewu. Kapan rapel gaji April–Juni 2011 PTT Dokter Pringsewu dibayarkan. Karena sampai sekarang belum ada kabarnya. Sedangkan di kabupaten lain sudah lama menerima. Kalau memang butuh biaya/uang jalan dalam pengurusan, saya mau dipotong asalkan cepat keluar. Sebab, saya selama ini tidak pernah diberi informasi tentang gaji saya oleh juru bayar Dinas Kesehatan Pringsewu. (082185054796)

Tertibkan Pedagang di Trotoar KEPADA Gubernur Lampung. Sehubungan berulang-ulang SMS ke wali kota tidak di-

kepemilikan dan pengelolaan secara langsung atau tidak langsung oleh negara hingga pengertian bahwa yang terpenting negara tetap mengatur serta mengatasi cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak. Pengertian yang terakhir inilah yang tampaknya menjadi landasan bagi upaya privatisasi di Indonesia. Pertama, privatisasi merupakan fenomena global pada abad ke 21 ini yang telah dilaksanakan oleh hampir semua negara dan upaya mencapai pertumbuhan ekonomi berkesinambungan (sustainable economic growth) serta salah satu jalan keluar bagi pemerintah mengatasi kesulitan keuangan. Kedua, upaya privatisasi di tanah air dilaksanakan dengan landasan konstitusional pasal 33 UUD 1945 dan dalam konteks yang luas meliputi pemindahan saham milik negara di BUMN dan melalui restrukturisasi dan deregulasi usaha. Antara lain penghapusan monopoli BUMN. Ketiga, kata-kata ’’dikuasai oleh negara’’ dalam pasal 33 UUD 1945 dapat mempunyai berbagai pengertian dan upaya privatisasi di Indonesia tampak dilandasi pada pengertian bahwa yang terpenting negara tetap mengatur dan mengatasi cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak. (*)

tanggapi, mohon bisa menindaklanjuti masalah pedagang di trotoar depan sekolah Lapangan Samber, Metro. Trotoar tersebut buat anak sekolah (ada 3 SD) dan wali murid yang jemput. Kalau dipakai pedagang (yang pakai tenda dan mereka pada menginap di lokasi tersebut), lama-lama menjadi tambah kumuh. Kami takut, anak kami menjadi korban lalu lintas. Mereka harus segera dipindahkan sebelum jatuh korban. (081369144878)

Mohon Penjelasan PDAM KEPADA PDAM, mohon air di Jl. Pelita 3, Kedamaian, segera dialirkan karena hampir 2 bulan tidak mengalir. Tapi saat kami bayar bulan Juni, bayarannya lebih mahal dari biasanya saat air mengalir. Mohon penjelasan dan tindak lanjutnya, mengingat kami sangat membutuhkan air tersebut. (08127969641)


18

SOCIETY

SELASA, 19 JULI 2011


SELASA, 19 JULI 2011

INSPIRATION

19

Diah Utami Ningsih, Psikolog yang Mencintai Profesinya

Harapkan Pusat Dukungan Perempuan BAGI pembaca Radar Lampung, mungkin wajah Diah Utami Ningsih, S.Psi., M.A.Psi. tidak begitu asing. Ia sempat menjadi pengasuh rubrik konsultasi Radar Lampung For Her. Perempuan yang akrab disapa Diah ini mengatakan bahwa setiap orang pasti mempunyai masalah. Dengan menjadi narasumber di rubrik konsultasi di Radar Lampung, ia berusaha memberikan emotional support kepada mereka. ’’Agar masyarakat memiliki mental yang tangguh dengan menyinergikan antara kesehatan fisik, mental, dan psikologi,” ujar alumnus Fakultas Psikologi UGM Jogjakarta tersebut. Lebih lanjut ia memaparkan, di masyarakat terdapat banyak sekali problem. Seperti masalah rumah tangga maupun orang tua yang bermasalah dengan anakanaknya, Dosen Bimbingan Konseling

Unila ini menuturkan, dari sana ia ingin memberikan suatu pemikiran kepada masyarakat bahwa ilmu psikologi bukan untuk perorangan, tetapi juga suatu komunitas masyarakat yang luas. Bagaimana kita dapat memberdayakan wanita dengan memiliki Women Support Center (Pusat Dukungan Perempuan). ’’Karena seperti kekerasan rumah tangga, kita tidak hanya membantu dari dari sisi kesehatan, tetapi juga dari sisi mental dan psikologis. Ketika bisa bersinergi, antara kekuatan fisik, mental, dan psikologi, mereka bisa menjadi ibu yang tangguh bagi anak-anaknya. Dan jika memiliki ibu yang tangguh, kita juga akan memiliki bibit-bibit yang unggul,” ungkapnya. Menurut dia, hal itulah yang ia cita-citakan. ’’Tetapi sampai sekarang belum terbentuk. Hanya sebatas ide. Ini pernah saya ungkapkan

kepada teman-teman sejawat. Hanya, saat ini mungkin masih terkendala banyak hal. Pertama, pengaturan shift karena mereka (para psikolog, Red) juga punya kesibukan. Belum lagi mungkin di antara mereka ada yang melanjutkan sekolah,” tuturnya. Ia mengatakan, minimal dirinya dapat membantu para tetangga yang datang berkonsultasi mengenai permasalahan mereka. Dan membantu mahasiswa yang selain masalah kuliah, banyak yang curhat kehidupan pribadi mereka. ’’Ka rena harapan saya terhadap para mahasiswa/i ini sangat besar. Saya ingin mereka menjadi ma nusia yang punya karakter kuat, percaya diri, dan bersinergis. Tidak hanya pintar secara kognitif, tetapi cerdas dalam mengaplikasikan il mu mereka dalam kehidupan sehari-hari,” harapnya. (cia/c1/ tru)

Berawal dari Sebuah Buku DIAH Utami Ningsih menyukai dunia psikologi sejak masih SMA. Ketertarikannya itu muncul saat ia membaca buku tentang psikologi di sebuah toko. Dan kecintaannya terhadap dunia psikologi bertambah setelah saat itu banyak beredar buku Chicken Soup. Terlebih ketika sekolah, ia sering dijadikan tempat curhat oleh temantemannya. Menurut mereka, ia enak diajak curhat karena selalu mem-

berikan solusi yang tidak terpikirkan oleh teman-teman lainnya. ’’Makanya setelah tamat SMA, saya mencari kuliah yang berhubungan dengan psikologi dan konseling. Kebetulan pada saat SMA mendapatkan formulir bibit unggul daerah dan dengan keyakinan penuh saya tidak memilih jurusan lain, hanya psikologi. Alhamdulillah diterima,” kenang ibu dua anak ini.

Perempuan yang akrab disapa Diah itu menuturkan, ternyata setelah menekuninya, banyak hal yang dapat dipelajari. Seperti untuk belajar makna hidup, kita tidak perlu mengalaminya langsung. Karena setiap berhadapan dengan klien yang memiliki masalah hidup, kita dapat belajar dari mereka, sebagai cara untuk mengasah diri menjadi pribadi yang lebih baik. (cia/c1/tru)

Tegas dan Percaya Diri About Her Nama Lahir Pekerjaan Alamat Suami

: Diah Utami Ningsih, S.Psi., M.A.Psi. : Tanjungkarang, 14 Juli 1979 : Dosen Bimbingan Konseling : Jalan Bakau Gang Dewi Sri No. 96, Tanjungraya, Tanjungkarang Timur, Bandarlampung : drh. Akhir Santoso

ANAK-ANAK: - Irdia Hanin Shafa Safitri - Ardia Zahra Shafina Salsabila PENDIDIKAN: - SD Xaverius Pahoman, Bandarlampung, 1993 - SMPN 2 Bandarlampung 1995 - SMAN 2 Bandarlampung 1998 - S-1 Fakultas Psikologi UGM Jogjakarta 2002 - Profesi Psikolog UGM Jogjakarta 2004 - S-2 Psikolog UGM Jogjakarta 2009

PEREMPUAN yang tegas dan memiliki rasa percaya diri tinggi ini dikenal sebagai psikolog yang bijak. ’’Setiap mengerjakan suatu hal, Diah pasti meyakini hal tersebut dapat berjalan baik. Walaupun mungkin banyak yang tidak yakin kalau hal tersebut dapat berhasil, dia mampu menularkan energi positif kepada orang lain dan para mahasiswanya,” ujar Ari Sofia, S.Psi., Psi. Diungkapkannya, Diah enak diajak kerja sama dalam melakukan tugas. ’’Terbukti beberapa mata kuliah saya yang satu tim dengannya, sebelum kuliah, kami berdiskusi menyiapkan materi dan pembagian jadwal kuliah,” ujar Ari. Dan Diah selalu memberikan semangat serta dukungan. Contohnya jika ada mahasiswa yang ingin melakukan perbaikan nilai, maka Diah akan memberikan kesempatan dengan memberi tugas tambahan. Tetapi bukan berarti nilainya otomatis bertambah, namun ingin memberikan kesempatan pada mahasiwa untuk berubah menjadi lebih baik. (cia/ c1/tru)

Ari Sofia, S.Psi., Psi. FOTO-FOTO MARIA ULFA


SELASA, 19 JULI 2011

21

Bukan Sekadar Berita!

Pemkot

Langkah Awal Meraih Mimpi Hari Pertama Sarjono Masuk SMK BANDARLAMPUNG - Masih ingat kan dengan Sarjono? Ya, penderita lumpuh layu asal Desa Karangsari, Jatiagung, Lampung Selatan, ini adalah cerminan anak berkebutuhan khusus (ABK) yang memiliki semangat tinggi untuk sekolah. Karena semangat Sarjono ini pula, sang ibu rela menggendongnya saat akan pergi atau pulang sekolah. Semangatnya ini pula yang menarik simpati Radar Lampung menjadikannya anak asuh sejak setahun lalu. Saat ini, Sarjono telah resmi menjadi siswa SMK Amal Bakti, Jatiagung. Dengan segala keterbatasan yang ia miliki, bungsu dari delapan bersaudara itu tetap bersemangat untuk menuntaskan pendidikannya. Kemarin (18/7) merupakan

Optimistis

hari pertama Sarjono sekolah. Saat Radar mengunjunginya ke sekolah, Sarjono tengah bersiap untuk pulang. Dua kakaknya, yaitu Sariyah dan Nunung, dengan sigap menjemputnya ke dalam kelas. Tanpa sungkan, Nunung langsung menggendong sang adik keluar kelas dan menuju sepeda motornya yang tengah diparkir. Saat SD hingga SMP, Sarjono memang selalu digendong sang ibu untuk pergi ke sekolah. Namun setahun lalu, ia mendapatkan bantuan sepeda motor Suzuki Smash dari Radar Lampung. Sejak saat itulah, untuk ke sekolah, ia diantarkan menggunakan sepeda motor bernomor polisi BE 8440 YG itu. Namun, untuk urusan keluar masuk kelas, Sarjono tetap digendong. Salah seorang guru SMK Amal Bakti, Wanti, yang ditemui Radar usai jam sekolah, mengatakan

Soal Penerapan E-KTP BANDARLAMPUNG – Meski menuai kendala di tingkat kecamatan, Pemkot Bandarlampung optimistis pelaksanaan program kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP) pada Agustus mendatang berjalan sesuai harapan. Beberapa kelemahan pelaksanaan program ini telah disikapi secara berkala. Sekkot Bandarlampung Badri Tamam mengatakan, pihaknya telah mengakomodasi beberapa kendala seperti ketersediaan listrik, anggaran, termasuk ruang antrean bagi masyarakat. ’’Pemkot sudah menganggarkan untuk pembelian genset. Penambahan daya listrik juga telah dilakukan di beberapa kecamatan. Soal listrik tidak ada masalah lagi. Sementara untuk ruang tunggu dapat diatasi dengan penambahan tenda di halaman kantor kecamatan,” bebernya kepada Radar Lampung kemarin (18/7). Ditegaskan Badri, untuk kendala anggaran operator maupun pembangunan ruang teknis, juga telah dicatat sebagai bahan rujukan penambahan pada APBD perubahan. ’’Sudah kita siasati. Jika ada kendala dana, nanti kita carikan solusi lewat APBDP,” terang mantan sekretaris KPU Bandarlampung itu. Nah berkaitan dengan peralatan dan tim teknis dari Direktorat Jen-

Baca I LANGKAH I Hal. 22

BADRI TAMAM

deral Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Badri memastikan awal Agustus atau beberapa hari sebelum pelaksanaan E-KTP, peralatan sudah siap digunakan. ’’Pihak kecamatan bersama tim teknis yang telah ditunjuk tinggal menjalankan metode dan petunjuknya. Selebihnya, jika ada problem teknis, tinggal berkoordinasi dengan tim teknis yang ada,” imbuhnya. Baca I PEMKOT I Hal. 22

FOTO ALAM ISLAM

TETAP SEMANGAT: Sarjono saat menjalani hari pertama sekolahnya kemarin (18/7).

HARI BAKTI ADHYAKSA

Kejati Gelar Donor Darah KEJAKSAAN Tinggi (Kejati) Lampung menggelar donor darah dan anjangsana ke tiga panti asuhan kemarin (18/7). Dua kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Bakti Adhyaksa Ke-51 yang jatuh pada 22 Juli mendatang. Donor darah yang dilaksanakan di ruang Sistem Manajemen Kejaksaan Republik Indonesia (Simkari) Kejati Lampung itu diikuti para jaksa dan pegawai di lingkup kejati. ’’Donor darah ini memang tidak memaksa. Jadi bagi para pegawai kejaksaan yang kondisinya fit, dipersilakan untuk donor darah. Hasilnya dipergunakan untuk kemanusiaan dan diserahkan ke Palang Merah Indonesia (PMI) Bandarlampung,”

Baca I KEJATI I Hal. 22

KESEHATAN

Wortel Hanya Mitos SEBAGIAN masyarakat percaya bahwa kandungan vitamin A dalam wortel dapat menurunkan minus pada mata. Bahkan bisa menyembuhkannya. Namun, ternyata, hal itu mitos belaka. Mitos lain terkait mata minus yang juga salah adalah pemakaian kacamata secara terus-menerus akan membuat minus bertambah. Menurut dr. Aryanty, Sp.M., wortel memang mengandung banyak vitamin A. Namun, menurutnya, keluhan mata minus merupakan kesalahan sistem optik pada mata. Dan itu tidak bisa diperbaiki dengan mengonsumsi vitamin A.

Baca I WORTEL I Hal. 22

http:www.radarlampung.co.id

Dewan Respons Wacana Pemekaran BANDARLAMPUNG – Komisi A DPRD Bandarlampung merespons wacana pemekaran kecamatan dan kelurahan yang digulirkan Wali Kota Herman H.N. Kalangan dewan meminta pemkot segera mengajukan rancangan peraturan daerah (raperda) tentang pemekaran wilayah kecamatan dan

kelurahan. ’’Pemekaran merupakan jawaban dari kebutuhan masyarakat, jika kita lihat secara geografis,” kata Ketua Komisi A Barlian Mansyur kemarin (18/7). Selain soal geografis, sambung politisi Partai Golkar tersebut, saat ini jumlah penduduk Bandarlam-

pung juga sudah lebih dari satu juta jiwa. ’’Saat ini ada 13 kecamatan dan 98 kelurahan. Tetapi dengan luas wilayah dan jumlah penduduk yang ada, kinerja aparatur dalam melayani masyarakat sudah tidak maksimal lagi,” ujarnya.

FOTO ALAM ISLAM

Baca I DEWAN Hal. 22

KURANG TERENCANA: Sebagian wilayah Bandarlampung sudah terlalu padat dan butuh penataan.

Dari Penarikan Pengundian Doorprize Radar Lampung di Lampung Fair

Tak Jadi Periksa ke Dokter, Langsung Menuju Stan Radar Lampung Delti, S.P. tidak pernah menduga bakal menjadi pemenang hadiah utama satu unit sepeda motor dalam doorprize Radar Lampung di Lampung Fair 2011 kemarin (18/7). Bagaimana perasaannya? Laporan Maria Ulfa, BANDARLAMPUNG DENGAN langkah tergopoh, seorang perempuan menembus lautan pengunjung Lampung Fair (LF) 2011. Tujuannya pasti, yaitu stan Radar Lampung. Tanpa sungkan, ia langsung mendatangi General Manager Radar

FOTO HAIRUL

BENTUK APRESIASI: General Manager Radar Lampung Purnawirawan saat menyerahkan hadiah utama doorprize kepada Delti kemarin.

Lampung Purnawirawan yang kala itu didampingi Kabag Personalia Farah Diba. Ternyata kedatangan perempuan yang belakangan diketahui bernama Delti itu untuk menanyakan informasi kemenangannya dalam doorprize yang sengaja digelar selama LF berlangsung. Sebelumnya, Delti memang sempat dihubungi melalui ponsel. Namun, staf Dinas Peternakan Provinsi Lampung ini belum percaya sepenuhnya ketika Bang Purna –sapaan akrab Purnawirawan– menyatakan bahwa dirinya menjadi pemenang satu unit sepeda motor Suzuki Titan. Delti baru percaya ketika seorang rekannya, Joko, yang berdomisili di Seputihraman, Lampung Tengah, mengirim SMS yang berisi ucapan

selamat atas keberuntungannya. Kebetulan, Joko sempat menyaksikan acara pengundian yang disiarkan secara live di Radar TV pada pukul 18.00 WIB itu. Karena itu, untuk menghilangkan rasa penasarannya, Delti langsung menuju arena LF. Padahal, saat itu ia masih mengantre berobat di sebuah dokter praktik di Panjang. ’’Subhanallah, saya tidak menyangka bisa menjadi pemenang. Sedikit pun tidak ada firasat bakal dapat rezeki. Hanya, tadi pagi badan terasa lemas sekali. Makanya karena takut gula darah naik, saya periksa ke dokter,” ungkapnya seraya tersenyum. Baca I TAK I Hal. 22

Berlangganan, Hubungi: 0721 - 782306-7410327


METROPOLIS

22 Langkah

SELASA, 19 JULI 2011

Bukan Sekadar Berita!

Tambah Dua Travel Gelap

Sambungan dari Halaman 21

bahwa ia dan guru-guru lainnya sangat menghargai semangat Sarjono. ’’Kami memang prihatin dengan kondisi fisiknya. Sarjono memang siswa pertama kami yang memiliki kondisi fisik berbeda ini,” tuturnya. Menurut guru berjilbab itu, untuk perilaku belajar, pihaknya akan memberikan porsi yang sama. Hanya, sekolah akan memberi kelonggaran untuk beberapa masalah. Seperti untuk pelajaran olahraga atau upacara. Wanti juga mengaku tak akan mempermasalahkan jika ada pihak keluarga Sarjono yang akan menungguinya selama sekolah. Dari penuturan Sarjono, di sekolah itu ia mengambil jurusan pemasaran. ’’Jurusan itu dipilihin Mbak. Biar nantinya juga saya bisa PKL di Radar Lampung. Kan SMK, jadi ya harus ada PKL. Biasanya kan ditentukan sekolah,” tutur Sarjono tentang alasannya memilih jurusan tersebut. Hari pertama sekolah ini, Sar-

jono memang terlihat lelah. Terlebih, menurut Sariyah, anaknya itu sangat semangat untuk bersekolah. Sejak pukul 05.00 WIB, Sarjono telah bangun dan bersiap berangkat. Sementara sekolah baru bubar pukul 14.00. ’’Bosan saya hari ini (kemarin) di sekolah. Belum belajar apa-apa. Kelas juga ribut,” kata Sarjono. Meski demikian, dia mengaku senang bisa melanjutkan sekolahnya. ’’Saya ingin menjadi wartawan. Biar bisa mengunjungi banyak tempat, terutama Jepang. Saya ingin melihat pabrik otomotif. Saya juga ingin ketemu presiden,” kata remaja yang sempat sakit selama sembilan hari karena gagal bertemu Presiden SBY itu. SariyahjugamengakusangatsenangkarenaSarjonobisamelanjutkan sekolah. Hal senada disampaikan sang ayah, Ngadiyo. ’’Kami sangat berterima kasih kepada Radar Lampung yang telah membantu biaya sekolah anak saya ini,” ujar kakek tujuh cucu ini. (eka/c1/fik)

FOTO WAHYU SYAIFULLAH

DIKANDANGKAN: Travel gelap yang berhasil diamankan oleh jajaran Satlantas Polresta Bandarlampung.

Dewan

Sambungan dari Halaman 21

Menurut rancangan, imbuh Barlian, pemkot akan memekarkan wilayah dari 13 kecamatan yang ada saat ini menjadi 18 kecamatan. Sedangkan untuk tingkat kelurahan dari 98 menjadi 130 kelurahan. ’’Kami berharap pemkot segera mengajukan raperdanya. Sehingga dewan bisa segera membahasnya dan diharapkan pada 2012 sudah dapat direalisasikan,” tukasnya. Selain itu, Barlian juga berharap raperda diajukan sebelum perda rencana tata ruang dan wilayah (RTRW) disahkan. ’’Ini kan bakal bertepatan dengan mo-

Pemkot

Sambungan dari Halaman 21

Sebelumnya, Komisi A DPRD Bandarlampung sudah menjadwalkan pemanggilan terhadap Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) pada pekan ini. ’’Koordinasi pastinya perlu. Kami ingin mengetahui secara detail persiapan serta kesiapan Kota Bandarlampung untuk pelaksanaan program tersebut,” kata Wakil Ketua Komisi A Ferry Frisal Parinussa belum lama ini. Tidak hanya itu, komisi A juga tengah memikirkan beberapa opsi untuk pengawasan di lapangan. Diketahui, program nasional ini akan memakan anggaran sebesar Rp60 triliun yang bersumber

Kejati

mentum pembahasan RTRW, sehingga kelak pembagian wilayah dapat disinergikan,” papar dia. Yang jelas, sambung Barlian, rencana pemekaran wilayah itu merupakan upaya yang harus didukung. Pasalnya, dengan pemekaran diharapkan pelayanan terhadap masyarakat lebih meningkat. Pemekaran juga akan mempercepat proses pembangunan. ’’Dengan pemekaran, kami yakin proses pembangunan dapat dilakukan lebih cepat dan baik lagi. Rentang pelayanan terhadap masyarakat, prosesnya juga bisa lebih pendek,” ujarnya. (ful/c1/fik)

dari APBN. Dalam pelaksanaannya, sistem E-KTP ini dianggap rawan masalah markup, calo, hingga uang sogok. E-KTP sendiri merupakan metode baru yang akan diterapkan pemerintah untuk membangun sebuah sistem kependudukan baru. Sistem terbaru ini pun dianggap sudah matang dan siap diperkenalkan kepada masyarakat. Untuk mewujudkannya, pemerintah telah berkolaborasi dengan berbagai pengembang aplikasi pengenal sidik jari hingga pembuatan database nasional. (ful/c1/fik)

Sambungan dari Halaman 21

kata Kasi Penerangan Hukum Kejati Lampung M. Serry Senaswari, S.H. kemarin. Kegiatan donor darah itu kemudian dilanjutkan dengan pemberian santunan ke tiga panti asuhan berbeda. Ketiganya adalah Yayasan Pendidikan Miftahul Anwar Bandarlampung, Panti Jompo Tresna Werdha, dan Panti Asuhan Kemala Puji Rajabasa. Serry menyebutkan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian korps Adhyaksa terhadap sesama, terutama yang membutuhkan uluran tangan. ’’Apa yang kami lakukan ada-

lah untuk berbagi kebahagiaan dengan orang-orang yang seharusnya mendapatkan perhatian lebih. Baik itu panti asuhan, panti jompo, dan lain sebagainya. Mudah-mudahan apa yang kami lakukan ini sedikit banyak dapat membantu orang lain,” terangnya. Rencananya, hari ini rombongan Kejati Lampung juga berkunjung ke pensiunan pegawai tata usaha dan purnajaksa. Kegiatan ini sebagai bentuk perhatian dan ungkapan terima kasih atas jasajasa serta sumbangsih mereka saat masih aktif bertugas di kejaksaan. (jar/c1/fik)

BANDARLAMPUNG – Perang terhadap travel gelap terus ditabuh Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Bandarlampung. Setelah Sabtu (16/7) bersama Dinas Perhubungan Lampung, Denpom, dan Pomal Satlantas Polresta Bandarlampung berhasil menjaring tiga travel gelap, kemarin mereka kembali mengandangkan dua travel gelap lagi. ’’Dua travel gelap itu kami amankan di Kalibalok, Sukarame,” ujar Kasatlantas Polresta Bandarlampung Kompol Abdul Waras kemarin. Alumnus Akademi Kepolisian tahun 1999 ini mengatakan, total lima travel gelap itu sampai kini masih dikandangkan di mapolresta dan akan dibebaskan setelah menjalani proses sidang tilang di pengadilan. ’’Aturannya memang demikian. Langkah ini kami ambil sebagai shock therapy bagi pemilik travel gelap,” tuturnya. Mantan Kasatreskrim Polresta Metro ini melanjutkan, sistem razia yang digunakan tetap memakai sistem hunting, yakni dengan menyusuri jalan-jalan dan tempat-tempat yang biasa dijadikan tempat mangkal travel gelap. ’’Kami juga tidak memiliki jadwal khusus kapan akan dilaksanakan razia. Yang pasti, melalui media, kami juga terus mengimbau kepada para pemilik travel gelap untuk tidak mengoperasikan kendaraannya untuk mengangkut penumpang,” pungkasnya Diketahui, pada Sabtu (16/7) lalu, tim gabungan yang terdiri Satlantas, Denpom, Pomal, dan Dishub Lampung menjaring tiga travel gelap di kawasan KalibalokdanJl.Soekarno-Hatta, Panjang. (whk/c1/fik)

18 Ton Beras untuk 3.019 Nelayan Realisasi Program Tanggap Darurat

BANDARLAMPUNG – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Bandarlampung dalam waktu dekat mendistribusikan bantuan beras untuk 3.019 nelayan yang tersebar di pesisir kota ini, yaitu Panjang, Telukbetung Selatan, dan Telukbetung Barat. Kepala DKP Bandarlampung Mansyur Sinaga didampingi Kepala

Bidang Tangkap Agus Mujianto mengatakan, bantuan beras itu merupakan program Kementerian Sosial dalam rangka membantu para nelayan melalui program tanggap darurat cuaca buruk. Untuk keperluan ini, pihaknya sudah membuat nota dinas ke Dissos Bandarlampung. Namun, kata Agus, beras yang akan dikeluarkan oleh Dinas Sosial hanya 18 ton. Artinya, beras 18 ton tersebut dibagikan kepada 3.019 nelayan. Yang artinya setiap nelayan hanya menerima 6

kilogram.’Sementara yang kami tahu stokberasataucadanganberaspemerintah yang ada di Dissos sekitar 100 ton. Kami tidak tahu kenapa baru 18 ton yang diturunkan. Coba tanya ke sana,” sarannya. Dilanjutkan, untuk pendistribusian beras itu, DKP tinggal menunggu instruksi wali kota. ’’Kami sedang mengajukan ke Pak Wali untuk pendistribusiannya. Sebab, DKP tak punya dana untuk distribusinya,” jelas dia. Sementara Kepala Dissos

Bandarlampung Akuan Effendi ketika dikonfirmasi menjelaskan, jumlah beras yang hanya 18 ton itu telah sesuai ketentuan. ’’Kami mengacu peraturan menteri sosial untuk bantuan tersebut. Tidak harus dihabiskan semua stok yang ada. Saat ini stok yang ada memang mencapai 100 ton, tetapi tidak semuanya harus diberikan kepada nelayan,” tukas Akuan. Hal ini, lanjutnya, sesuai surat keputusan Dirjen Kementerian Sosial RI yang menyebutkan

mengunjungi stan Radar Lampung di Lampung Fair, karena tidak ada bacaan, ia meminta koran. Dan yang menjaga stan menawarkan kupon berhadiah. ’’Terus terang Mbak, saya saja tidak tahu kalau hadiahnya motor. Jadi isi-isi saja, siapa tahu menang. Makanya saat dihubungi dapat motor, saya tidak percaya. Saya kira hanya penipuan. Dan untuk menghilangkan rasa penasaran, saya langsung ke sini,” ungkapnya senang. Ibu dari Adelia, Riska, dan Nuraini ini mengatakan telah lama menjadi pelanggan Radar Lampung dan sering mengirimkan kupon berhadiah. Tetapi tidak pernah beruntung. ’’Dulu

Radar pernah membuat undian berhadiah rumah dan umrah dengan cara mengumpulkan potongan kata ’Radar Lampung’, tetapi saya tidak pernah beruntung mengumpulkannya,’’ kenang istri Sodri ini. Alhamdulillah, lanjut dia, sekarang sudah bisa menjadi pemenang, dan rencananya motor dipakai oleh anak tertuanya Adelia Putri ke sekolah. ’’Apalagi motor di rumah kebetulan juga sudah mulai rusak. Tadi saja bannya bocor. Dalam hati saya berkata, kayaknya nih motor sudah minta diganti,” bebernya. Sementara diungkapkan General Manager Radar Lampung Purnawirawan, merupakan

suatu kebiasaan Radar Lampung membagikan hadiah. Ini sebagai bentuk apresiasi terhadap para pembaca setia. ’’Dan juga sebagai salah satu cara Radar Lampung ikut memeriahkan kegiatan yang digelar Pemerintah Provinsi Lampung,” katanya. Menurutnya, kegiatan Lampung Fair kali ini lebih baik dari tahun lalu. Ke depan kegiatan serupa juga jauh lebih baik lagi. Karena apa yang telah dilakukan pemerintah ini adalah sebagai upaya men-support pembangunan ekonomi di Lampung. Diungkapkannya, selain berhadiah motor, ikut diundi juga hadiah lainnya. Yakni blender, mixer, dan tiga orang yang berhak berlangganan koran Radar

minus, plus, atau silinder lensa kacamata,” ujar mantan dokter RSCM ini. Aryanty menjelaskan, salah satu cara untuk mengurangi dan menyembukan minus pada mata adalah dengan menggunakan kacamata yang sesuai. Serta sedini mungkin mendeteksinya sehingga pemakaian kacamata tidak sia-sia. Hal ini yang menurutnya memunculkan anggapan kalau kacamata dipakai terus-menerus akan

menambah minus pada mata. Ia menjelaskan, perkembangan ukuran bola mata sama seperti perkembangan tubuh manusia. Lihat saja ukuran bola mata bayi yang lebih kecil ketimbang ukuran bola mata orang dewasa. Hal ini berarti dari masa bayi hingga dewasa sebetulnya terjadi perkembangan pada ukuran atau dimensi bola mata. Pada dua tahun pertama, yang sangat berkembang adalah sis-

tem optik di bagian depan mata (segmen depan), yaitu sebesar 60 persen. Setelah usia dua tahun, segmen depan masih berkembang, tetapi sudah tidak begitu pesat. Segmen belakang, lanjutnya, akan tumbuh pesat saat usia anak berkisar 4-15 tahun. Kemudian melambat dan berhenti di sekitar usia 18 tahun. Saat itu bagian belakang bola mata, di mana retina berada, makin lama

Tak Perempuan kelahiran Menggala, 1 Agustus 1971, ini menuturkan saat dihubungi melalui telepon genggamnya, ia tengah mengantre untuk periksa ke dokter. Tetapi karena dapat telepon bahwa ia memenangkan satu sepeda motor, niat untuk periksa ke dokter dibatalkannya. ’’Sampaisampai saya diledekin suami dan anak-anak: Mama langsung sembuh, jadi tidak perlu ke dokter dong,” ujarnya. Alumnus Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian ini menceritakan, ia hanya memasukkan satu kupon pada Sabtu (16/7). Saat itu, ia tengah menjaga stan Dinas Peternakan Lampung. Sambil menunggu teman yang jaga pergantian shift, ia pun keliling. Saat

Sambungan dari Halaman 21

Wortel ’’Ibaratkan saja dengan kamera yang lensanya sudah tidak fokus. Menggunakan film dari merek berkualitas apa pun, gambar yang dihasilkan akan tetap buram,” terangnya kemarin (18/7). Dilanjutkan, vitamin A sebenarnya lebih banyak berperan pada metabolisme sel-sel saraf yang ada di retina. Bukan pada fungsi penglihatan manusia. ’’Jadi, banyak makan wortel pun tidak dapat mengurangi jumlah

bahwa setiap kepala keluarga (KK) penerima bantuan dihitung lima orang anggota keluarga. Dan setiap anggota keluarga berhak menerima 4 gram beras per hari. Jika kemampuannya hanya untuk membantu selama tiga hari, maka kalkulasi dari 3.019 nelayan yang akan dibantu itu adalah 18 ton. ’’Itu sebabnya saya keluarkan 18 ton beras tersebut. Saya bisa diusut kalau sembarangan mengeluarkan beras tanpa kalkulasi yang jelas,” tuturnya. (ful/c1/fik)

Lampung selama satu bulan. Adapun yang menjadi pemenang blender yakni Wildan Mubarok, warga Jalan Baiturahman No. 5 Labuhandalam, Tanjungsenang. Lalu mixer dimenangkan Efira Hutriyani, warga Jalan Cengkeh Selatan I. Dan tiga orang berlangganan Radar Lampung adalah Hanes (warga Jalan Adi Sucipto No. 15, Kebonjeruk, Tanjungkarang Timur), Henizah (Jalan Cemara Raya No. 25 RT 01 Tanjungsenang), dan Agung Nugroho (Jalan Bakau Gang Akper No. 6, Tanjungraya, Bandarlampung). ’’Dan hadiah dapat diambil setelah hari Rabu (20/7) di Graha Pena Lampung pada jam kerja,” jelas Bang Purna. (*)

Sambungan dari Halaman 21 kian panjang sesuai dengan pertambahan usia. ’’Jadi, kalau minus pada mata anak bertambah besar, itu karena jarak retina ke lensa makin panjang. Dengan begitu, penambahan minus pada usia pertumbuhan terjadi secara alami. Jadi kalau memakai kacamata saat kondisi mata sudah dalam keadaan malas, akan sia-sia dan minus pada mata juga tidak bakal berkurang,” tutupnya. (gyp/c1/fik)


23

SELASA, 19 JULI 2011

Pajang Kreasi Limbah WBP Unggulkan Tujuh Komoditi BANDARLAMPUNG – Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Lampung tak mau ketinggalan ambil bagian dalam even tahunan Lampung Fair (LF) 2011. Dalam perhelatan yang resmi ditutup kemarin ini, Disbun mengunggulkan tujuh komoditi. Seluruh komoditi itu merupakan unggulan dari 14 kabupaten/kota di Provinsi Lampung. Yakni, kopi, kelapa, kakao, lada, karet, tebu, dan kelapa sawit. ’’Ketujuh komoditi unggulan tersebut berasal dari kabupaten/ kota di Lampung,’’ ungkap Kepala Seksi Pemasaran Hasil Perkebunan Disbun Provinsi Lampung Mulyansyah kepada Radar Lampung

kemarin (18/7). Dijelaskan, komoditi itu tersebar di beberapa daerah. Seperti, Liwa, Lambar, untuk kopi; Tulangbawang (kelapa sawit); serta Lampung Selatan, Tanggamus, Pesawaran, dan Lampung Timur (kakao). ’’Kalau lada banyak dari Lampung Utara dan Waykanan. Sedangkan tebu banyak juga dari Tulangbawang,’’ bebernya. Menurut Mulyansyah, khusus untuk tebu produktivitasnya diterapkan dengan paket teknologi anjuran hasil lokakarya akselerasi peningkatan gula di Lampung. ’’Program itu telah dilakukan sejak 2008. Selain itu, Disbun sudah

melakukan perluasan areal tebu rakyat guna kebutuhan peningkatan produksinya,’’ jelasnya. Tak hanya itu, Disbun Lampung juga memperkenalkan hasil perkebunan tersebut kepada para pengunjung LF dengan menampilkan secara langsung. Mulai kopi luwak, cokelat, dan bibit perkebunan lainnya turut diperkenalkan. Dalam ajang LF ini, Mulyansyah menyatakan, pihaknya mengangkat tema Berkebun Sekarang ke Depan Bersenang. Maksud dari tema itu adalah mengajak masyarakat Lampung untuk menyukseskan gerakan berkebun terutama kakao. (rul/c3/fik)

BANDARLAMPUNG – Siapa bilang sampah maupun barangbarang bekas seperti karton dan bungkus rokok tidak berharga lagi? Terbukti di tangan para warga binaan pemasyarakatan (WBP) lembaga pemasyarakatan (lapas), baik Kelas I Bandarlampung maupun Wanita, Wayhuwi, barang-barang yang semula tidak terpakai itu berhasil mereka sulap menjadi hasil karya yang bernilai berupa patung burung, naga, miniatur kantor Lapas Kelas I A, dan manik-manik.

Menurut Aditia, salah seorang penjaga stan Kemenkumham Lampung, pihaknya memang mengunggulkan hasil karya itu pada perhelatan Lampung Fair (LF) 2011. Sejauh ini, hasil karya tersebut terbukti mampu menarik perhatian para pengunjung. ’’Di sana ada patung burung dan naga. Itu semua adalah hasil karya para WBP," ungkap Adit – sapaan akrabnya– seraya menunjukkan empat buah patung yang sengaja dipajang di depan stan. Ditambahkan, patung itu berasal

dari bahan baku berupa daur ulang karton bekas, sagu, dan cat. ’’Satu karya pengerjaannya kurang lebih menghabiskan satu bulan. Biasanya yang mengerjakannya juga tidak banyak orang, satu atau dua orang saja," ungkapnya. Tak hanya patung. Menurutnya, dalam LF kali ini pun Kemenkumham Lampung juga menampilkan maket Lapas Kelas I A Rajabasa. Maket itu, menurut Adit, juga merupakana hasil karya dari WBP. ’’Mereka memanfaatkan barang

yang terbatas di dalam lapas. Barang itu tentu saja tidak terpakai lagi, seperti limbah rokok," jelasnya. Tak hanya itu. Para WBP pun menampilkan hasil karya miniaturminiatur berupa sepeda motor, sepeda, dan becak yang terbuat dari karton bekas. Sementara untuk WBP di Lapas Wanita, Wayhuwi, menampilkan hasil karya berupa manik-manik. Dengan kreasi para WBP, manikmanik mereka bentuk menjadi tempat alat tulis, gantungan kunci, dan lainnya. (rul/c3/fik)

FOTO HAIRUL

KREATIF: Maket Lapas Kelas IA Bandarlampung yang terbuat dari limbah rokok hasil WBP.

Tarik Pengunjung dengan Batang Pisang BANDARLAMPUNG - Ada-ada saja upaya untuk menarik perhatian para pengunjung Lampung Fair (LF) 2011. Salah satunya dilakukan oleh stan Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Daerah Provinsi Lampung. Guna menarik minat pengunjung, mereka sengaja mendesain stan dengan bahan dasar batang pisang. Penampilan beda ini terbukti cukup ampuh. Stan tak pernah sepi dari para pengunjung yang penasaran melihat dari dekat hasil desain itu. ’’Untuk menarik perhatian pengunjung, kami desain secara khusus. Paduan artistik dan alami,’’

kata pramu stan Lismin Sahri yang ditemui Radar Lampung kemarin (18/7). Disinggung mengenai ide atau konsep awal memilih batang pisang, ia menyatakan, awalnya mereka bosan dengan konsep yang selalu digunakan. ’’Dari tahun ke tahun hanya itu-itu saja. Sehingga tercetus ide untuk menampilkan sesuatu yang berbeda. Ya hasilnya ini. Tampil beda dan hasilnya luar biasa,’’ ujarnya seraya tersenyum. Dalam kesempatan LF kali ini, pihaknya menampilkan delapan program unggulan investasi di Provinsi Lampung. Ke delapan investasi itu adalah jembatan

Selat Sunda (JSS), Menara Siger, jalan tol, dan Bandara Radin Intan. Selain itu, terminal agribisnis, air bersih, kota baru, dan perkeretaapian. ’’Kalau dulu potensi yang ada selalu kita tampilkan namun dalam bentuk banner. Kini tentu saja sesuai dengan konsep awal yang alami kita tampilkan dalam bentuk ukiran dari batang pisang,’’ tuturnya. Selain itu, turut pula dipamerkan contoh produk yang dihasilkan oleh penanaman modal dalam negeri. Seperti produk nanas kaleng, minyak goreng dari Bumi Waras, gula pasir dari Gunung Madu dan udang dari Dipasena.

Tidak hanya itu. Stan juga menyediakan leaflet tentang perizinan. Seperti perizinan trayek angkutan bus antarkota dalam provinsi (AKDP). ’’Termasuk izin operasi angkutan taksi antarkota dalam provinsi. Juga mengenai rekomendasi izin operasi angkutan pariwisata. Rekomendasi penetapan lokasi pelabuhan umum dan lainnya,’’ beber dia. Dengan upaya ini, diharapkan iklim investasi di Lampung dapat lebih berkembang. ’’Komitmen kami adalah untuk membantu investor mengurus perizinan secara mudah, cepat, terpadu dan transparan,’’ tandasnya. (rul/c3/fik)


METROPOLIS

24

SELASA, 19 JULI 2011

Bukan Sekadar Berita!

Pemprov Sewa Randis anggarkan lagi pembelian mobil dinas jika skema itu dapat dijalankan. ’’Saya sudah mulai mengarah ke sana. Jadi tidak lagi BANDARLAMPUNG – Pem- beli mobil. Tidak setiap tahun prov Lampung berhati-hati me- mengajukan kendaraan,’’ kata nyikapi wacana perpindahan BBM mantan deputi operasional Mabes bersubsidi untuk kendaraan dinas Polri itu. (randis). Pemprov Lampung masih Dengan skema itu, diharapkan menghitung-hitung apabila dapat menghemat anggaran memang randis pemerintah. ’’Ini juga harus berpindah ke sedang dihitung,’’ BBM nonsubsidi. katanya. ’’Kita hitung Ekses lainnya, medahulu dong. Kalau nurut Oedin, akan misalnya nggak semakin sedikit pesubsidi berapa (angluang untuk menggarannya, Red),’’ akuisisi (dump) rankata Gubernur Lamdis. ’’Tidak ada lagi pung Sjachroedin membeli mobil lima Z.P. di Mahan Agung tahun terus di-dump,’’ kemarin (18/7). kata Oedin. Namun, menurut Kepala Biro Aset Oe din –sapaan Perlengkapan Pemakrab Sjachroedin prov Lampung Ali Z.P.–, apabila meSubaidi menjelaskan, Marwan Cik Asan mang hal itu merujika memang sebuah pakan perintah pemerintah pusat, keharusan randis pemprov harus tentu harus diikuti. beralih ke BBM nonsubsidi, tentu Sebenarnya untuk menyiasati Pemprov Lampung akan menukebutuhan randis, Pemprov Lam- rutinya sepanjang ada aturan pung mempunyai skema dengan formalnya. Sejauh ini, menurut memanfaatkan pihak ketiga. Ali, Pemprov Lampung juga telah Pemprov rencananya menggan- menghentikan pembelian randis deng PT Lampung Jasa Utama untuk tahun ini. Alasannya, (LJU). Pemprov, lanjut Oedin, penghematan anggaran. ren ca nanya memilih opsi Di sisi lain, Ketua DPRD Lammenyewa kendaraan kepada PT pung Marwan Cik Asan menyataLJU jika butuh randis. kan, opsi pemakaian BBM nonPT LJU nantinya akan didorong subsidi bagi randis akan bermemiliki unit usaha persewaan peluang memberatkan anggaran. kendaraan. Dengan sistem sewa, Alhasil, lanjutnya, ada kemunglanjut Oedin, diyakini akan lebih kinan anggaran akan tersedot murah dan efisien. Pemprov untuk mencukupi kebutuhan Lampung bakal tidak akan meng- BBM randis. (wdi/c2/ary)

Masih Menimbang Peralihan BBM

FOTO WAHYU SYAIFULLAH

SIAP DILIBATKAN: Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. mengaku banyak program Muslimat NU yang bersinergi degan kebijakan pemprov.

Muslimat NU–Pemprov Sejalan Tiga Momentum, Tiga Panja

BANDARLAMPUNG – Komisi II DPRD Lampung segera membentuk tiga panitia kerja (panja) untuk memberi perhatian khusus terhadap kesiapan sembako menghadapi Ramadan, HTR Lampung Barat dan TNBBS, serta Panja Tourism Indonesia Mart & Expo (TIME) 2011. ’’Ketiga panja sudah akan bekerja hingga September 2011,’’ jelas Ketua Komisi II DPRD Lampung Ahmad Djunaidy Auly kemarin (18/7). Menurut Djunaidy, masingmasing panja berisikan tiga orang anggota komisi. Panja terkait sembako akan diketuai Donny Irawan; panja HTR Lambar dan TNBBS diketuai Nurzaini; serta panja TIME 2011 diketuai Palgunadi. ’’Setiap Senin, panja akan rapat membahas perkembangan dan memberikan laporan,’’ jelas legislator Partai Keadilan Sejahtera itu. Ketiga fokus itu, lanjutnya, merupakan fokus aktual yang dinilai komisi II sebagai prioritas. ’’Masing-masing panja, silakan

menginventarisasi persoalan. Misalnya, terkait kesiapan sembako akan dilihat bagaimana distribusinya, hubungannya dengan peternakan, dan sebagainya,’’ kata Djunaidy. Panja terkait sembako, menurutnya, juga bisa melihat persoalan-persoalan krusial, seperti penimbunan bahan makanan. Sifatnya panja, lanjut Djunaidy, nantinya bisa mengeluarkan rekomendasi maupun langsung mengambil langkah taktis. ’’Seperti mengomunikasikan permasalahan dengan dinas instansi terkait. Saya kira dipersilakan untuk itu,’’ jelasnya. Sementara itu, Ketua Panja Kesiapan Menghadapi Ramadan Donny Irawan menyatakan, panja akan mulai langsung bekerja. ’’Kami akan melakukan surveisurvei dengan turun ke pasarpasar,’’ katanya. Menurut Donny, kegiatan turun ke pasar itu akan dilakukan panja termasuk selama Ramadan secara rutin. ’’Jadwal nanti akan kita susun terlebih dahulu,’’ pungkasnya. (wdi/c2/ary)

BANDARLAMPUNG – Kiprah Muslimat NU mendapat apresiasi dari Pemprov Lampung. Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. melihat ada program-program yang bisa disinergikan, mengingat Muslimat NU juga bergerak di bidang sosial kemasyarakatan dan melayani umat. ’’Saya mendukung kegiatan bersifat keagamaan. Karena ini tidak berpolitik. Kegiatan ini mendorong kaum perempuan untuk melaksanakan ajaran agama dengan benar. Kegiatan ini juga untuk kepentingan umat,’’ jelas

Oedin –sapaan akrab Sjachroedin Z.P.– kemarin usai menutup Kongres XVI Muslimat NU di Mahan Agung kemarin (18/7). Menurut mantan deputi operasional Mabes Polri itu, kegiatan yang selaras dari Muslimat NU, antara lain, di bidang pendidikan dan kesehatan. ’’Kegiatan seperti inilah yang diharapkan dan diikuti oleh organisasi lainnya,’’ tegasnya. Oedin menggarisbawahi, organisasi kemasyarakatan seperti Muslimat NU jangan sampai tercebur dalam politik praktis. Pa-

salnya, untuk urusan politik merupakan porsi organisasi lain. ’’Jangan banyak main politik! Politik itu biarlah oleh partai politik. Untuk ormas, ya seperti ini seharusnya,’’ sergah pemimpin daerah yang dikenal terbuka dengan media itu. Dijelaskan Oedin, skema kerja sama dengan Pemprov Lampung bisa dilakukan dengan berbagai cara. ’’Seperti kita kekurangan guru. Kalau Muslimat NU mau, mengapa tidak?’’ tegasnya. Sementara, Ketua Muslimat NU

terpilih Chofifah Indar Parawansa juga menyatakan apresiasinya terhadap Pemprov Lampung. Pemprov, lanjut Chofifah, telah menjadi tuan rumah yang baik bagi Kongres XVI Muslimat NU. Dengan secara resmi ditutup oleh Oedin kemarin, maka berakhir pulalah Kongres XVI Muslimat NU yang telah dihelat sejak 13 Juli 2011. Kongres akhirnya menelurkan keputusan penting, yakni kembali memilih Chofifah sebagai ketua Muslimat NU untuk kali ketiganya.

Kongres sendiri secara resmi dibuka oleh Wakil Presiden Boediono di GSG Universitas Lampung. Sejumlah tokoh dan para menteri terlihat menghadiri acara kongres yang digelar di kompleks Asrama Haji Rajabasa itu. Terlihat hadir Ketua Umum PB NU K.H. Said Agil Siradj, Yenny Wahid, Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Menakertrans Muhaimin Iskandar, Menteri Agama Suryadharma Ali, serta Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak Linda Gumelar. (wdi/c2/ary)

Pembangunan Kota Baru Harga Mati BANDARLAMPUNG – Pembangunan Kotabaru, Jatiagung, Lampung Selatan, tidak bisa ditawar-tawar lagi. Terkait kebijakan, Pemprov Lampung memastikan jalan terus. Yang utama, Kotabaru adalah kebutuhan masa depan bagi Lampung. Hal itu dikemukakan Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. menjawab aksi demo yang digelar

sejumlah elemen kemarin (18/7). ’’Bagi saya, untuk kepentingan rakyat saya jalan terus,’’ tegas mantan deputi operasional Mabes Polri itu. Terlebih, menurut Oedin – sapaan akrab Sjachroedin Z.P.–, dirinya menengarai aksi-aksi demo itu ada pihak-pihak yang bermain. ’’Kan ada beberapa yang memang bukan orang situ. Ada

PERUMAHAN

BERINGIN RAYA LANGKAPURA Hunian Nyaman di Alam Bebas Banjir TERSEDIA TYPE RUMAH MULAI DARI

kami hadir juga DI PERUMAHAN “SUKARAJA INDAH” Kec. Gd.Tataan Lampung Selatan FASILITAS ● Lokasi terjangkau angkutan umum ● Sarana dan Prasarana lengkap. ● Sarana Pendidikan TK-SD-SLTP-SLTA ● Lokasi Pasar ● Sarana pemakaman umum ● Dll.

DP. RINGAN DAPAT DIANGSUR SELAMA MASA PEMBANGUNAN TANPA BUNGA

PT. SINAR WALUYO Perwakilan Lampung Jl. Jend. Sudirman No. 94 Telp. 253800 - 261 371 Rawa Laut Bandar Lampung

yang dari Lampung Timur. Saya tidak akan pernah mundur untuk yang begini. Ini akan jalan terus,’’ jelas Oedin. Menurut Oedin, lokasi Kotabaru tetap berada di Purwotani, Jatiagung, Lamsel. Oedin menambahkan, pembangunannya masih dalam

proses. ’’Ini negara hukum. Ini untuk kepentingan yang lebih besar. Saya katakan, nggak ada kata mundur!’’ sergah pensiunan jenderal polisi itu. Tercatat, kemarin untuk kali kesekiannya, aksi menolak pembangunan Kotabaru di Purwotani kembali digelar Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi Lamsel dan gabungan petani Lampung-

Lamsel. Sekelompok orang itu menggelar aksi di Tuga Adipura. Dalam aksi kali ini, masa mendesak partai politik bersikap atas persoalan Kotabaru. Massa tetap konsisten menolak pembangunan Kotabaru yang disebutnya berada di lahan yang terkena program Gerakan Nasional Rehabilitasi Hutan dan Lahan (GNRHL). (wdi/c2/ary)


METROPOLIS

SELASA, 19 JULI 2011

25

Bukan Sekadar Berita

SIDANG LANJUTAN Sidang lanjutan dugaan tindak pidana korupsi APBD Lampung Timur 2005–2008 senilai Rp119 miliar dengan terdakwa Satono, bupati nonaktif, kemarin.

Identitas Pelaku Belum Terungkap POLISI masih kesulitan mengungkap identitas pelaku yang menghilangkan nyawa Ir. Resmiyati (49), warga Jl. Imam Bonjol Gg. Pinang No. 2, Kelurahan Langkapura, Kecamatan Kemiling, Bandarlampung. ’’Dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP), ditemukan luka bacok pada korban. Kendati demikian, kami belum yakin apakah kasus ini pembunuhan, penganiayaan, atau pencurian dengan kekerasan,” terang Kapolresta Bandarlampung Kombes Guntor F. Gaffar di mapolresta kemarin. Apalagi, lanjutnya, yang hilang hanya dua telepon seluler. ’’Sehingga motifnya masih sangat tertutup. Kami belum memperoleh titik terang mengenai ciri-ciri pelaku,” tambahnya. Alumnus Akademi Kepolisian 1988 itu juga menyatakan, pihaknya belum bisa memastikan apakah pelaku mengenal korban. Meskipun, dari hasil penyelidikan tidak ada kerusakan di rumah korban. ’’Kami kesulitan mengungkap kasus ini karena tidak ada orang yang melihat kejadian. Data yang kami peroleh hanya korban yang telah meninggal dan hilangnya dua ponsel milik korban,” urainya. Hingga kemarin, polisi sudah memeriksa empat orang saksi. Diketahui, Resmiyati tewas di rumahnya pada Rabu (13/7) pukul 14.00 WIB. Korban dikenal sebagai guru mengaji dan karyawati asuransi Takaful di Bandarlampung. Jasad korban kali pertama ditemukan Hartini (69) dan Rosita (51). Keduanya kawan dekat korban. (whk/c2/ewi)

Senam ala Wartawan SAAT menunggu kedatangan Kapolda Lampung Brigjen Sulistyo Ishak yang akan melakukan ekspose kasus perampokan Unit Pegadaian Sukarame di Joglo Mapolresta Ban darlampung kemarin (18/7), para wartawan mendapat pelajaran senam. Sang instruktur tak lain AKBP Sulistyaningsih. ’’Namanya senam ala wartawan. Yang paling banyak digerakkan adalah bagian kepala dan kaki,” ujar Kabidhumas Polda LamSulistyaningsih pung itu. Dia lantas menjelaskan alasan kenapa harus menggerakkan kepala dan kaki. ’’Kepala wartawan selalu pusing ketika membuat berita. Ditambah lagi ketika meliput suatu berita yang memerlukan analisis dan ingatan yang tajam. Lalu, kenapa juga menggerakkan kaki? Wartawan kan biasanya lari sana-sini untuk mengejar berita. Makanya, senam untuk wartawan berbeda dengan senam yang biasa kita lihat,” beber mantan Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Lampung itu. Sehabis senam, sambung Sulistyo, kepala dibasuh dengan air hangat untuk menghapus penat. Selanjutnya merendam kaki di air hangat untuk menghilangkan pegal-pegal. Bicara senam, terutama aerobik, istri dari Kombespol Sumarjio itu memang jagonya. Dia pernah menjadi juara senam aerobik se-Kalimantan Tengah pada 2006. ’’Sampai sekarang, saya rutin melakukan senam aerobik. Tiap Selasa dan Jumat,” pungkasnya. (whk/c2/ewi)

FOTO WAHYU SYAIFULLAH

Tak Ada Campur Tangan Terdakwa BANDARLAMPUNG – Jaksa penuntut umum (JPU) kembali menghadirkan saksi pada sidang lanjutan dugaan tindak pidana korupsi APBD Lampung Timur 2005–2008 senilai Rp119 miliar dengan terdakwa Satono, bupati nonaktif, kemarin. Kali ini tiga saksi. Mereka adalah Irmansyah, mantan kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Lamtim; Pardede, mantan kepala Dinas PU Cipta Karya; dan Kombespol (Pur.) Astin Awaludin. Ketiganya ditanya seputar imbas dari kasus itu. Di depan majelis hakim Penga-

dilan Negeri Kelas 1A Tanjungkarang yang diketuai Robert Simorangkir, Irmansyah membeberkan 90 persen anggaran di dinas yang dia pimpin pada 2008 telah terserap. Sisanya 10 persen tidak terserap karena beberapa proyek tidak terlaksana. ’’Tidak terlaksananya beberapa proyek karena tidak ada satu pun rekanan yang memenuhi syarat untuk memenangkan tender,” tutur Irmansyah. Dia melanjutkan, anggaran yang tidak terserap masuk ke silpa (sisa lebih perhitungan anggaran) dan disimpan di Bank Lampung sebagai

kas daerah (kasda). ’’Ketika saya menjabat kepala Dinas PU Bina Marga, kondisi keuangan tidak ada masalah. Soal anggaran 10 persen yang tidak terserap bukan karena adanya campur tangan Pak Satono,” ucapnya. Terkait penempatan kasda di BPR Tripanca Setiadana sebesar Rp119 miliar, Irmansyah mengaku tahu dari media massa pada akhir 2008. Pardede juga mengungkapkan hal serupa. ’’Ketika saya memimpin Cipta Karya, sekitar 80 persen dari anggaran 2008 sudah terserap. Sisanya

tidak terserap karena hal-hal teknis seperti permasalahan pembebasan tanah. Jadi bukan karena campur tangan Pak Satono,” urainya. Intinya, sambung Pardede, dinas yang dia pimpin tidak mengalami kesulitan dana. Saksi terakhir adalah Astin. Dia mengaku memiliki hubungan bisnis dengan putra sulung Satono, Risano alias Wawan, dan istri Satono, Rice Megawati. ’’Kalau untuk kasus ini, saya tidak tahu persis. Tapi, menurut saya, kasus ini hanya bermotif politik,” ucapnya. (jar/c2/ewi)

Kapolda: Terseret Dua Kasus BANDARLAMPUNG – Kapolda Lampung Brigjen Sulistyo Ishak angkat bicara soal aksi Richard yang melepaskan tembakan ke udara ketika berada di area parkir salah satu hotel di Telukbetung Selatan (TbS), Bandarlampung, Kamis (14/7). ’’Setelah mempelajari peristiwa itu, terdapat dua kasus. Pertama, kasus pengancaman. Kedua, kasus kepemilikan senjata api (senpi). Nah, keduanya kita proses sesuai ketentuan yang ada,” ujar Sulistyo di Mapolresta Bandarlampung kemarin (18/7). Mantan Dirlantas Polda Metro Jaya ini menjelaskan, masyarakat sipil yang memiliki senpi harus mengi-

kuti aturan main. Seperti mengantongi izin kepemilikan. Selain itu, jika dipercaya memegang senpi tidak boleh disalahgunakan. ’’Izin kepemilikan senpi juga harus melalui mekanisme. Salah satunya wajib menjalani proses psikotes. Hak kepemilikan juga diberikan terbatas bagi masyarakat sipil,” bebernya Sulistyo mengungkapkan, meski Richard sudah memegang surat izin kepemilikan, senpi tidak boleh dibawa pulang, harus dititipkan ke aparat kepolisian. Lantas, dari mana Richard mendapatkan senpi? ’’Senpi itu kan bisa dibeli. Karena itu, untuk kasus ini, kita pilah. Pertama, kasus pe-

ngancaman yang dilaporkan oleh satpam hotel dan kasus izin kepemilikan senpi,” tandasnya. Alumnus Akademi Kepolisian 1978 itu memastikan, penyidik akan memanggil Richard. ’’Kalau yang bersangkutan kooperatif lebih bagus. Kalau tidak, ya kita lakukan langkahlangkah penyidikan lebih lanjut. Untuk waktu pemanggilan, silakan tanya ke penyidik,” pungkasnya. Lampung Police Watch (LPW) juga menyorot kasus ini. ’’LPW mendesak Polda Lampung lebih memperketat proses pemberian izin penggunaan senpi untuk masyarakat umum sekaligus mengevaluasi,” ujar

Ketua LPW M.D. Rizani. LPW juga mendesak polisi segera memeriksa Richard. Mengingat tindakan ala koboi itu mengancam keselamatan orang lain. Jika Richard terbukti melakukan aksi sesuai laporan satpam hotel, LPW berharap tidak ada penangguhan penahanan. ’’Jika senpi yang dia gunakan berizin, kami juga mempertanyakan dasar urgensi pemberian izin kepemilikan. Sebab, yang bersangkutan diketahui berprofesi sebagai PNS (pegawai negeri sipil). Kami berharap Polda Lampung menindaklanjuti demi keamanan masyarakat umum,” pungkasnya. (whk/c2/ewi)

Bantah Keterangan di BAP BANDARLAMPUNG – Yudha Sanjaya membantah keterangannya di berita acara pemeriksaan (BAP) ketika menjadi saksi pada sidang kasus dugaan perbuatan tak menyenangkan dengan terdakwa Nusyirwan kemarin. Menurutnya, terdakwa tidak menekan (maaf) payudara ibunya, Elyana. Melainkan menepuknepuk dirinya. ’’Ibu saya ditekan-tekan, tak ada itu. Kalau ada, pecah kepalanya,” aku Yudha. Terkait kesaksiannya itu, ketua majelis hakim Jesden Purna mengingatkan Yudha bahwa keterangan yang tidak benar dapat mengantarkannya ke penjara. ’’Keterangan palsu di persidangan dapat dipidana. Jadi, jangan emosi! Berikan keterangan yang benar,” kata Jesden. Yudha langsung mengomentari pernyataan Jesden. ’’Iya memang benar yang saya bilang,” tandasnya. Pada sidang yang berlangsung di Pengadilan Negeri Kelas 1A Tanjungkarang itu, hakim sempat menegur Yudha karena dianggap berperilaku tidak sopan. Ditegur, Yudha malah emosi. ’’Ini kaki-kaki saya, bukan kaki hakim anggota!” ucapnya. Tak hanya Yudha yang bersaksi. Tapi, juga Dr. Luci Damayanti dari RS Urip Sumoharjo yang melakukan visum et eepertum kepada korban Elyana. ’’Berdasarkan pemeriksaan medis, terdapat lebam di perut korban. Tapi, saya tidak bisa menyimpulkan lebam itu akibat pukulan atau tekanan,” jelasnya. Sementara itu, Nusyirwan mengungkapkan, kedatangannya ke rumah Elyana pada 9 April 2010 sekitar pukul 06.30 WIB untuk menagih haknya. ’’Ceritanya, pada Januari 2009, saudara saya memperkenalkan suami Ibu Elyana, Elzuhin Nunyai, kepada saya. Katanya, dia bisa menjadikan anak saya PNS (pegawai negeri sipil). Akhirnya, disepakati bahwa saya menyerahkan uang Rp125 juta. Tapi, anak saya tak kunjung menjadi PNS. Makanya, saya datang ke kediaman Ibu Elyana untuk menagih hak saya itu,” jelasnya. Kepala SDN 2 Rawalaut nonaktif itu mengaku beberapa kali gagal menemui Elzuhin. ’’Perjanjiannya, uang saya akan dikembalikan kalau anak saya tidak diterima sebagai PNS. Belakangan, kabarnya uang saya diserahkan kepada Junaidi yang bisa mengurus anak saya menjadi PNS. Tapi, saya tidak mau tahu karena yang menerima uang adalah Elzuhin,” tegasnya. Ada pemandangan menarik sebelum sidang. Beberapa guru SDN 2 Rawalaut membagikan bunga kepada jaksa penuntut umum dan hakim. Mereka menilai keluarga korban sengaja merekayasa kasus ini. ’’Ini kriminalisasi terhadap pahlawan tanpa tanda jasa!” seru salah seorang guru. (jar/c2/ewi)


LAMPUNG RAYA

SELASA, 19 JULI 2011

27

Lamteng-Lamtim-Metro

LAKALANTAS

Beda Waktu Bukan Perbedaan KALIREJO – Bulan suci Ramadan segera tiba. Hingga kemarin, untuk penetapan satu Ramadan, MWC NU Kalirejo, Lampung Tengah, tetap menunggu kepastian dari pemerintah pusat. Rois Syuriyah MWC NU Kalirejo Hi. Lasno Hamid Al Asna mengatakan, sesuai dengan ijmak ulama dan organisasi Islam se-Indonesia y a n g dikoorSoal Penetapan d i n a s i Satu Ramadan op elme ehrintah RI, penentuan tanggal satu Ramadan melalui media rukyat (melihat bulan), baik langsung maupun dengan alat di tempattempat yang telah ditentukan oleh pemerintah. ’’Khususnya warga NU, saya mengimbau agar dapat mengikuti penetapan satu Ramadan dari pemerintah. Janganlah menjadikan permasalahan jika mungkin terjadi perbedaan dalam menentukan tanggal satu Ramadan. Karena perbedaan akan membawa rahmat. Kalaupun ada perbedaan, saya berharap janganlah terlalu dibesar-besarkan serta jangan sampai menimbulkan permasalahan dan perselisihan internal Islam!’’ imbaunya. Dalam kesempatan itu, Hamid juga menyampaikan saran bahwa terkait pelaksanaan ibadah Ramadan, seperti pelaksanaan salat tarawih, umat muslim tidak mempermasalahkan tentang jumlah rakaat. Mengingat semua punya keyakinan. ’’Sebagaimana pada tahuntahun lalu, saya mengimbau kepada seluruh umat untuk saling menghormati dan menjunjung tinggi toleransi. Terkait dengan pelaksanaan ibadah puasa Ramadan itu, semua pihak tidak menampakkan kegiatan makan dan minum di tempat terbuka. Untuk menghormati saudara-saudara kita yang sedang melaksanakan ibadah puasa, marilah kita ciptakan suasana aman dan damai serta kondusif! Sehingga umat muslim dapat khusyuk dalam melaksanakan ibadah,’’ harap Hamid. (rnn/c2/ary)

Beruntun, 2 Luka-Luka TABRAKAN beruntun kembali terjadi pada Sabtu (16/7) pukul 01.00 WIB di jalan lintas tengah Kampung Tanjungratu Ilir, Kecamatan Waypengubuan, Lampung Tengah. Truk Toyota Rino warna merah BE 9021 J yang dikemudikan Gimin (51), warga RT 02/RW 03 Kalicinta, Kotabumi, Lampung Utara, dihantam kendaraan serupa BE 9255 NB yang dikemudikan Wagiman (53). ’’Truk yang dikendarai Gimin berada di depan truk Wagiman. Mereka berjalan beriringan. Tiba-tiba, salah satu ban truk Gimin pecah. Akhirnya, Gimin berusaha menepi diikuti oleh Wagimin. Sebab, ia hendak membantu Gimin. Konvoi truk ini dari arah Kotabumi menuju ke Waykekah,’’ terang saksi mata yang enggan disebutkan namanya. Sebelum kedua truk bertabrakan, kecelakaan diawali sebuah truk Mitsubishi warna kuning BG 8843 F bermuatan ratusan keranjang ayam potong yang dikemudikan Mitran Yogi (23), warga RT 004/ RW 002 Perumahan Guru 1, Jl. Padat Karya, Desa Airpauh, Baturaja Timur, Sumatera Selatan. Mereka melaju kencang dan hendak mendahului kedua truk yang berhenti. Nahas, dari arah yang berlawanan ada kendaraan yang juga melaju kencang. Yogi terkejut dan kehilangan kendali. Akibatnya, truk Yogi langsung menabrak bagian belakang truk Toyota Rino milik Wagiman. Lalu, truk milik Wagiman terdorong ke depan sehingga menabrak truk milik Gimin yang ada di depannya. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam lakalantas beruntun ini. Namun, Yogi dan Yudi harus dilarikan ke rumah sakit. Sebab, keduanya mengalami patah tulang kaki dan pinggul. Sementara itu, Wagiman dan Gimin selamat dan tidak mengalami luka sedikit pun. Untuk kepentingan penyelidikan, kini ketiga truk itu telah diamankan di Pos Lantas Candirejo, Waypengubuan. (rnn/c2/ary) FOTO RNN

EVAKUASI: Bangkai truk yang mengalami lakalantas di Kampung Tanjungratu Ilir tengah dievakuasi.

Diskes pun Baru Tahu Soal Pustu yang Buka Dua Hari GUNUNGSUGIH – Dua puskesmas pembantu (pustu) yang jarang buka ternyata baru diketahui Dinas Kesehatan (Diskes) Lampung Tengah. Ini bukti bahwa Diskes pun tak pernah menjalankan pengawasan terhadap unit kerjanya. Namun, Diskes berjanji meminta konfirmasi kepada puskesmas induk. ’’Saya justru baru dapat informasi. Sebab, tidak ada laporan yang masuk kepada saya. Tapi, kita nanti akan cari tahu ke puskesmas induk untuk meminta penjelasan,’’ kata Kabid

Pelayanan Kesehatan Diskes Lamteng Edi Sunarko kepada Radar Lamteng (grup Radar Lampung) kemarin (18/7). Menurut Edi, jika dari keterangan yang diperoleh, Pustu Kampung Payungmulya di Kecamatan Pubian dan Pustu Kampung Purwosari di Kecamatan Padangratu benar jarang buka. Karena itu, akan diberikan sanksi. Pemberian sanksi kepada kepala pustu juga dilihat tingkat keparahan yang dilakukan. Untuk awal akan diberikan sanksi teguran kepada pejabat yang ada di pustu itu. ’’Tapi, tetap akan kita lihat dahulu tingkat kesalahan yang dilakukan. Sebab, kita menganut praduga tak bersalah. Saya juga berterima kasih banyak karena telah memberikan

informasi ini,’’ ujar Edi. Edi mengatakan, pengawasan melekat (waskat) kinerja pustu ada pada puskesmas induk. Karena itu, dalam waktu dekat pihaknya segera meminta kete rangan sekaligus pembinaan di puskesmas induk yang ada di Kecamatan Padangratu dan Pubian. Ini agar ke depan tidak terulang kembali pustu yang jarang buka. ’’Di tingkat puskesmas induk ada rakor bulanan dan semua pustu dilibatkan. Waskat-nya juga ada pada puskesmas induk. Pelayanan kesehatan kepada masyarakat juga harus tetap diberikan sesuai dengan hari kerja. Jadi tidak benar kalau hanya dua hari membuka pelayanan kesehatan. Di Lamteng tercatat ada 114 pustu dan

Propam Mulai Periksa Istri Ed METRO – Propam Polresta Metro masih melakukan pemeriksaan terhadap istri Briptu Ed, oknum polisi yang diduga telah berselingkuh. Kapolresta Metro AKBP Abrar Tuntalanai melalui Kasi Propam Ipda Subandrio menyatakan, kini pihaknya masih terus melakukan pemeriksaan terhadap istri Ed yang dilaporkan telah berselingkuh dengan My.

Menurutnya, Briptu Ed tidak ditahan karena masih dalam proses pemeriksaan. ’’Apakah yang bersangkutan terbukti melakukan pelanggaran disiplin atau tidak, yang jelas masih dalam proses pemeriksaan,’’ ujar Subandrio. Subandrio melanjutkan, jika terbukti Briptu Ed melakukan pelanggaran disiplin, pihaknya akan dilakukan sidang disiplin sesuai tingkat pelanggarannya.

Sementara selingkuhan Ed, My, hingga kemarin tidak masuk kerja. Faber, bagian marketing Bank Danamon Simpan Pinjam cabang pembantu di jalur dua Jl. Jenderal Sudirman, tempat My bekerja, mengatakan, My telah mengirim surat izin sakit kepada pihak bank. ’’Yang jelas, kami tidak mau dikaitkan dengan apa yang telah dialami oleh karyawannya. Pasalnya, itu masalah pribadi My. Coba

langsung saja konfirmasi kepada yang bersangkutan,’’ ujar Faber. Diberitakan sebelumnya, karena merasa kesal suami memiliki perempuan simpanan, istri Ed menggerebek suaminya di sebuah kontrakan milik Ibu Lastri di Jl. Reformasi, tepatnya dekat biliaran Egen, RT 43/RW 16 15 Polos, Kelurahan Metro Pusat, Jumat (15/7) sekitar pukul 17.00 WIB. (rnn/c2/ary)

puskesmas induk,’’ tukasnya. Sebelumnya, Ketua Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) Lamteng T. Azhari Gisa mengatakan, kedua pustu yang jarang buka itu adalah Pustu Kampung Payungmulya dan Pustu Kampung Purwosari. Akibatnya, warga yang hendak berobat ke pustu merasa kesulitan untuk mem peroleh pelayanan kesehatan. Ketua Komisi IV DPRD Lamteng Rosidi menyayangkan adanya pustu yang jarang buka itu. Karena pendirian pustu untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada warga. Kepada Diskes Lamteng, ia meminta agar kedua kepala pustu diberikan sanksi tegas sehingga ke depan pelayanan dapat lebih baik. (rnn/c2/ary)

LELANG

133 Paket Ditender PEMKAB Lampung Timur mulai menggelar pelelangan (tender) proyek fisik tahun anggaran 2011 di Gedung Pusiban Sukadana kemarin (18/7). Hamzah Syukur, tim logistik pelelangan, mengatakan bahwa proyek yang dilelang sebanyak 133 paket. Rinciannya, dikelola Dinas PU sebanyak 79 paket, Dinas Kesehatan (21), dan RSUD Sukadana (7). Kemudian Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga; Dinas Perindustrian dan Perdagangan; serta Badan Pemberdayaan dan KB masing-masing empat paket. Selanjutnya, DPRD dan DPPK masingmasing tiga paket. Lalu, Disdukcapil; Dinas Peternakan; Dishubkominfo; Badan Ketahanan Pangan; Dinas Perkebunan dan Kehutanan; serta Bagian Umum masing-masing satu paket. Hamzah melanjutkan, pendaftaran pelelangan akan berlangsung hingga 27 Juli 2011. Sedangkan evaluasi pendaftaran pelelangan dilakukan minimal sepuluh hari, bergantung dari banyaknya paket yang dilelangkan. ’’Kalau paketnya banyak, mungkin akan lebih lama pengevaluasiannya,’’ ujar Hamzah. Pada kesempatan yang sama, Kabag Ops. Polres Lamtim Kompol Junaidi mengatakan bahwa untuk mengamankan pelaksanaan pelelangan, Polres Lamtim menerjunkan 242 personel. ’’Pengamanan itu dilakukan untuk memperlancar jalannya proses pelelangan dan menjaga situasi yang kondusif,’’ paparnya. (rnn/c2/ary)

ADAKAN PELATIHAN: UPK mengadakan pelatihan bagi tim pemantau PNPM-MP TA 2011 di Balai Kampung Bangunrejo.

FOTO RNN


LAMPUNG RAYA

28

SELASA, 19 JULI 2011

Lampura-Lambar-Waykanan

PUPUK BERSUBSIDI

Marwan: Segera Atasi Jembatan Rusak SELAIN jembatan di Desa Gistingjaya, ternyata masih ada sedikitnya 13 jembatan yang rusak parah di enam desa lainnya di Kabupaten Waykanan. Yakni di Desa Adijaya, Sarijaya, Kertajaya, Margajaya, Bumijaya, dan Bangunjaya. Hal itu sebagaimana diuraikan Ketua DPRD Lampung Ir. Marwan Cik Asan, M.M. usai melakukan kunjungan ke tujuh desa di Bumi Petani tersebut beberapa waktu lalu. Disebutkannya bahwa kerusakan yang terjadi telah mencapai 80 persen. Sehingga menjadi sangat sulit untuk dilalui. Terutama oleh kendaraan roda empat. ’’Jangankan mobil, motor yang lewat di jembatan itu juga harus sangat berhati-hati. Karena kalau tidak, bisa terjadi masalah yang mungkin mengancam keselamatan mereka yang melaluinya,’’ jelas Marwan. Bahkan karena kerusakan yang sangat parah tersebut, lanjut dia, rata-rata masyarakat memilih untuk memutar arah dan rela menempuh jarak yang lebih jauh ketimbang harus melewati jembatan tersebut. ’’Setidaknya itulah keluhan warga saat kami melakukan kunjungan ke sana. Mereka mengaku benar-benar disusahkan dengan kerusakan jembatan yang tidak kunjung mendapat perhatian dari pemerintah kabupaten (pemkab) dan juga pemerintah provinsi (pemprov),’’ tukasnya. Untuk itu, Marwan berharap pemkab dan pemprov bisa segera mengatasi masalah di tujuh desa tersebut. Sebab, masyarakat sangat bergantung pada jembatan yang menjadi penghubung antarjalan di daerah tersebut. ’’Ini menyangkut masalah kelangsungan hidup masyarakat di sana,’’ tutur dia. Dilanjutkan Marwan, kepada dirinya, warga mengaku terpaksa menggunakan jalan tersebut demi kelangsungan hidup mereka. Sehingga mereka mengaku rela jika harus terjatuh ke dalam sungai saat sedang membawa kendaraan untuk mencari uang. Sebab tidak ada pilihan lain. (nui/c1/adi)

Baru Terealisasi 22,8% BERDASARKAN data dari Dinas Pertanian Lampung Barat, hingga Juni lalu realisasi penyaluran pupuk bersubsidi baru mencapai 5.126 ton dari total 22.461 ton atau 22,8 persen. ’’Hingga bulan lalu, penyaluran pupuk bersubsidi di Lambar sebanyak 5.126 ton atau 22,8 persen. Rinciannya pupuk urea 2.906 ton, SP-36 sebanyak 281 ton, ZA 582 ton, pupuk NPK 1.241 ton, dan pupuk organik 116 ton,” ujar Kasi Kelembagaan Tani dan Saprodi Dina Prihatini, S.P. mendampingi Kepala Distan Lambar Ir. Noviardi Kuswan kemarin. Dijelaskan, rendahnya penyerapan pupuk bersubsidi itu disebabkan adanya kendala pada pendistribusian dari lini III menuju lini IV, terutama untuk pupuk bersubsidi produksi jenis NPK pda triwulan I sehingga memengaruhi serapan total sampai triwulan kedua.(rnn/c1/adi)

INFRASTRUKTUR

Direspons Dinas PU TINJAU: Ketua DPRD Lampung Ir. Marwan Cik Asan, M.M. saat melihat kondisi jembatan di Waykanan. FOTO IST

Jembatan Way Besai Bisa Dilewati

BARADATU - Masyarakat Waykanan dan pengguna jalan lainnya kini bisa bernapas lega. Jembatan Way Besai yang ada di Kampung Banjarmasin, Kecamatan Baradatu, yang sempat tidak boleh dilalui akibat tertabrak kendaraan pembawa batu bara beberapa waktu lalu, saat ini sudah bisa dilewati kendaraankendaraan berat. Bahkan yang tonasenya hingga 35 ton. ’’Memang sejak jalan lintas timur ditutup untuk sementara, semua kendaraan dari dan yang menuju Bandarlampung melalui lintas tengah, dan semuanya melalui Jembatan Way Besai,” ujar Kapolsek Baradatu Kompol Mashudan mendampingi

Kapolres Waykanan AKBP Agus Prianto, S.I.K., S.H. kemarin. Awalnya, lanjut Mashudan, ia sempat merasa waswas dan khawatir. Mengingat kondisi jembatan yang baru saja diperbaiki. Namun saat hal itu dikonfirmasi ke Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Lampung, ternyata jembatan tersebut telah layak dilalui kembali oleh kendaraan-kendaraan berat. ’’Dan surat pernyataan Dinas PU Lampung itu sedang dalam perjalanan karena dibawa anggota saya dari Bandarlampung,” paparnya. Pernyataan Kapolsek itu dibe narkan Kasatlantas Polres Waykanan AKP M. Reza, S.I.K., S.H.

Silpa 2010 Lampura Rp14,49 M KOTABUMI – Wakil Bupati Lampung Utara Rohimat Aslan menyampaikan laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPj.) bupati tahun anggaran 2010 di ruang sidang paripurna kemarin. Dari pemaparan Wabup, diketahui sisa lebih perhitungan anggaran daerah (silpa) tahun 2010 mencapai Rp14,49 miliar. Rohimat mengatakan, LKPj. kepala daerah pada hakikatnya merupakan laporan pencapaian kinerja pemerintah, pembangunan, dan pelayanan kepada masyarakat dalam satu tahun anggaran. ’’Dengan adanya LKPj. diharapkan dapat terwujud akuntabilitas dan transparansi pelaksanaan

penyelenggaraan pemerintahan,’’ ujarnya. Wabup menerangkan, pada tahun anggaran 2010 ditargetkan sebesar Rp767.461.801.458,78 dan terealisasi sebesarRp757.708.702.199,96atau98,73 persen. Dengan rincian, pendapatan asli daerah (PAD) yang ditargetkan sebesar Rp16.543.232.187,10, terealisasi Rp13.499.495.527,96 atau 81,60 persen. Lalu dana perimbangan ditargetkan Rp604.435.437.586,68 dan terealisasi Rp602.406.655.280 atau 99.66 persen. Kemudian lain-lain pendapatan daerah yang sah ditargetkan Rp146.483.131.685 dan terealisasi sebesar Rp141.802.551.381

atau 96,80 persen. Wabup menambahkan, belan ja langsung ditargetkan Rp272. 967.023.474 dan terealisasi Rp 259. 942.471.948 atau 95,23 persen. Sementara penerimaan pembiayaan daerah pada TA 2010 ditargetkan Rp 23.165.580.102 dan terealisasi Rp22.492.459.602 atau 97,09 persen. Sedangkan pengeluaran pem biayaan daerah ditargetkan Rp 24. 993.626.200 de ngan realisasi se be sar Rp24.950.880.978,76 atau 99,83 persen. ’’Untuk silpa tahun 2010 sebesar Rp14.490.261.013,20,’’ bebernya.(rnn/c1/adi)

Sahroni dari Dinas PU Lampung juga membenarkan hal tersebut. Hanya, dia mengimbau para sopir untuk mematuhi aturan yang telah ditetapkan. Di mana bila membawa kendaraan berat agar tidak beriringan di jembatan untuk keselamatan bersama. Disebutkan, aturannya sudah jelas, kalau mau melalui jembatan maka kendaran-kendaraan yang membawa muatan berat diminta mengantre sehingga hal-hal yang tidak diinginkan tak terjadi. Dan untuk Jembatan Way Besai ini sejak diperbaiki, telah dilakukan percobaan dengan kendaraan yang mempunyai beban 12 ton,

lalu ditingkatkan menjadi 25 ton. ’’Sekarang berdasarkan hasil investigasi kami, jembatan tersebut telah dapat dilalui oleh kendaraan yang mempunyai beban hingga 35 ton. Apalagi saat ini kami tidak memiliki pilihan lain. Karena jalan lintas timur sedang ditutup, maka semua kendaraan masuk ke Lampung melalui Jembatan Way Besai,” tukasnya. Seperti diketahui, 3 bulan lalu Jembatan Way Besai terpaksa ditutup untuk semua jenis kendaraan setelah tiang sebelah kiri jembatan patah akibat ditabrak tronton yang sarat muatan batu bara. (sah/c1/adi)

UPACARA: Sekkab Waykanan Ir. Bustam Hadori memimpin upacara bulanan di lingkungan pemkab setempat kemarin.

FOTO HERMANSYAH

KERUSAKAN jembatan gantung Sungai (Way) Mehenai di Pekon Tulungbamban, Kecamatan Pesisir Selatan, Lampung Barat, akibat terjangan sungai yang meluap beberapa hari lalu, mendapat respons dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) setempat. Bahkan dalam waktu dekat instansi tersebut akan melakukan cross check. ’’Kami secepatnya melakukan peninjauan karena kami memiliki tim. Di mana tim tersebut juga gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Setelah tim turun, kami akan melihat kerusakan tersebut bentuk perbaikannya apakah membutuhkan penanggulangan atau tidak. Namun yang jelas, kami akan melihat dahulu kerusakan tersebut, baru bisa memprediksinya,” kata Kabid Bina Marga S. Hendriyanto, S.T. mendampingi Kadis PU Ir. Hi. Mulyadi Irsan, M.T. kemarin.(rnn/c1/adi)

HUT KE-51 ADHYAKSA

FOTO NURMAN AGUNG/RNN

DONOR: Kajari Kotabumi Sugianto, S.H., M.Hum. melihat Kasipidsus Victor P. Marpaung, S.H. mendonorkan darahnya kepada tim medis PMI Kotabumi di aula kejari setempat kemarin.

PATUH KRAKATAU

Tilang 90 Pengendara SATLANTAS Polres Lampung Utara menggelar razia dalam rangka Operasi Patuh Krakatau 2011 di Tugu Kayu Aro Kotabumi kemarin. Dalam razia yang digelar itu, sebanyak 90 pengendara motor ditilang karena tidak melengkapi surat izin mengemudi (SIM), surat tanda nomor kendaraan (STNK), tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB), serta tidak membawa pengaman pada diri pengendara. Seperti tak memakai helm. Kasatlantas Polres Lampura AKP I Made Bayu Sutha, S.I.K. melalui Kanitregident Iptu Jafril didampingi Kanit Turjawali Iptu Iskandarsyah mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka Operasi Patuh Krakatau yang berlangsung hingga 24 Juli 2011. ’’Kita berharap melalui kegiatan ini dapat memberi shock therapy bagi para pengendara yang nakal dan tidak mematuhi aturan berlalu lintas di jalan,” ujarnya ketika ditemui wartawan koran ini.(rnn/c1/adi)


LAMPUNG RAYA

SELASA, 19 JULI 2011

Stok SPBU Hanya Beberapa Jam MENGGALA – Kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dan solar masih dikeluhkan masyarakat Tulangbawang. Walau per SPBU setiap hari ada pengiriman dari Pertamina Panjang, hanya berselang beberapa jam saja BBM telah habis diserbu pengecor. ’’Menyikapi kelangkaan BBM yang makin berkepanjangan, Komisi B DPRD setempat akan turun ke lapangan guna melakukan inspeksi mendadak (Sidak). Mengingat, beberapa jam BBM di SPBU telah habis terjual meski setiap hari mendapatkan jatah pengiriman dari Pertamina Panjang,’’ jelas salah satu anggota Komisi B DPRD Zazili A.M. mendampingi Ketua Komisi B Mad darif kemarin saat dihubungi melalui ponselnya kemarin. Dikatakan, bila ada indikasi yang tidak sesuai di setiap SPBU, DPRD dapat langsung merekomendasikan ke Diskoperindag untuk segera mencabut surat izin yang berkaitan dengan tak mengindahkan surat edaran yang disampaikan oleh Diskoperindag. ’’Jika terdapat indikasi, DPRD siap turun apabila imbauan dari Diskoperindag tidak diindahkan oleh SPBU. Bila perlu, akan dilakukan penyegelan di tempat. Kalau ditemukan pelanggaran, sesuai dengan komitmen dan aturan sebenarnya yang telah dibuat dalam kesepakan itu,’’ paparnya. Tak hanya itu. Zazili menambahkan, pihaknya juga akan mempertanyakan kepada pemilik SPBU kenapa dalam waktu beberapa jam saja stok BBM di SPBU telah habis terjual. (fei/rnn/c3/adi)

KESEHATAN

Sosialisasi TB Paru DINAS Kesehatan Tuba Barat diharapkan rutin menggelar sosialisasi kepada masyarakat. Hal ini untuk meminimalisasi semua jenis penyakit menular, khususnya TB paru. Hal tersebut dikatakan Rizal, warga Kampung Dayaasri. Menurutnya, Diskes diharapkan dapat terus melakukan sosialisasi, khususnya di wilayah kecamatan yang paling banyak pasien TB paru pada 2010. ’’Dengan sosialisasi, Diskes diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, sehingga warga dapat terhindar dari penyakit menular khususnya TB paru. Dengan demikian, paling tidak dapat menekan peningkatan penyakit tersebut di wilayah ini,’’ ujarnya. Ardi, warga lainnya, menjelaskan, selain melakukan sosialisasi rutin, Diskes juga diharapkan dapat melakukan berbagai upaya maksimal lainnya dalam melakukan pengawasan serta perawatan intensif ke semua pasien TB paru. (fei/rnn/c3/adi)

SENGKETA

Tangani Enam Kasus KOMISI A DPRD Tuba menilai, sengketa lahan yang terjadi di kabupaten ini sangat tinggi. Itu tidak lain diiringi pesatnya pembangunan di Tuba serta munculnya investor besar yang menanami modal. ’’Kini terdapat 6 kasus yang telah ditangani komisi A terkait sengketa lahan antara PT dengan masyarakat. Ke-6 kasus ini belum dapat diselesaikan dan masih berkepanjangan, salah satunya sengketa lahan PT Bangun Nusa Indah Lampung (BNIL) yang mencapai 20 tahun lebih tetapi belum ada titik temu,’’ jelas Ketua Komisi A Hendriwansyah kemarin. Dikatakan, belum adanya penyelesaian kasus tersebut tentunya tidak lain menjadi persoalan yang sangat serius. Pasalnya, sengketa lahan antara masyarakat dengan PT ini sangat sulit untuk diselesaikan. (rnn/c3/adi)

29

Tuba-Tuba Barat-Mesuji

Bupati Sampaikan Sampa RPJMD

FOTO SANDRI/RNN

ARAH PEMBANGUNAN: Rapat paripurna penyampaian draf revisi rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Tuba kemarin.

MENGGALA – Bupati Tulangbawang Abdurachman Sarbini secara langsung menyampaikan draf revisi atas Peraturan Daerah (Perda) No. 27/2008 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Tuba Tahun 2008-2013, dalam rapat Paripurna DPRD setempat, kemarin. Penyampaian RPJMD ini agar pembangunan Tuba di masa mendatang dapat menjawab isu-isu pokok yang terus berkembang. Sebagian isu pokok yang sangat menonjol dan memerlukan perhatian seksama oleh seluruh aparatur pemerintahan daerah, baik lembaga eksekutif maupun legislatif. Yakni, bidang ekonomi, sosial budaya, pemerintahan umum, fisik prasarana, serta kapasitas fiskal dan keuangan daerah. Pada 2008, Tuba telah dimekarkan menjadi dua daerah otonom baru dan kabupaten induk kini hanya memiliki wilayah seluas 2.340.124 km persegi. Jumlah penduduk setelah pemekaran wilayah tercatat 350.299 jiwa. Sejak 2009 Tuba memiliki 15 wilayah kecamatan, 4 kelurahan, serta 147 kampung. Pada 2008 kabupaten ini memiliki dokumen perencanaan daerah berupa RPJP dan RPJM. Di mana, RPJM telah diundangkan melalui Perda No. 27/2008 tentang RPJM untuk periode 2008-2013. Penyesuaian atau revisi tidak lain dokumen perencanaan seperti RPJMD memang tidak diatur secara tegas dalam peraturan perundang-undangan yang ada. Penyusunan RPJMD untuk 2008-2013 tidak lain bertujuan menentukan arah dan kebijakan pembangunan Tuba dalam sisa jangka menengah 2008-2013 pasca pemekaran wilayah, mengevaluasi, dan menata kembali RPJMD Tuba untuk 3 tahun mendatang (2011-2013, Red). (fei/c3/adi)

DPRD Mesuji Cuma Bisa Bimtek Habiskan Uang Rakyat Rp800 Juta

MESUJI – Berdalih ingin mengikuti bimbingan teknis (bimtek) di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, mulai kemarin (18/7) sebanyak 23 anggota DPRD Mesuji bertolak ke ibu kota negara untuk pelesiran selama lima hari kerja. Agenda pelesiran ini menambah buruknya kinerja lembaga legislatif yang semestinya melakukan proses pengawasan terhadap kinerja Pemkab Mesuji. Namun begitu, tupoksi itu tam-

paknya semakin terkikis karena ulah para legislator yang cuma bisa menghambur-hamburkan uang rakyat saja. Berdasarkan informasi yang dihimpun Radar Lampung, agenda tersebut harus menyedot anggaran daerah sekitar Rp200 juta untuk satu kali bimtek. Alokasi dana ini akan membiayai transportasi, penginapan, makan, dan saku wakil rakyat. Dari dana yang dialokasikan itu, masing-masing anggota dewan mendapatkan uang ’’jajan’’ Rp400 ribu per hari. Total sudah habis sekitar Rp800 juta anggaran daerah untuk membiayai agenda bimtek anggota DPRD Mesuji

selama kurun waktu dua tahun ini. Alokasi anggaran tersebut dianggap mubazir karena tidak bermanfaat langsung kepada rakyatnya. Di satu sisi, kabupaten pecahan Tulangbawang ini membutuhkan pembangunan yang bergerak cepat sehingga mampu bersaing dengan kabupaten/kota lainnya. ’’Kami hanya melaksanakan kegiatan yang sudah diagendakan Kemendagri. Ini kegiatan rutin guna menambah wawasan dan pengetahuan anggota dewan,’’ kelit Wakil Ketua DPRD Mesuji Eddi Anwar saat dihubungi melalui ponselnya di Jakarta kemarin. Menurut Eddi, agenda bimtek

sangat penting guna menyinkronkan sejumlah kebijakan baru dari pemerintah pusat. ’’Tidak hanya kebijakan, kami juga mendapatkan informasi mengenai produk hukum yang baru dilahirkan,’’ ujar Ketua DPC Partai Demokrat Mesuji ini. Eddi menjelaskan, pelaksanaan bimtek baru digelar hari ini (19/7) pada salah satu hotel berbintang di kawasan Mangga Dua, Jakarta Utara. ’’Mulai hari ini (Kemarin, Red) kami check-in. Pemateri akan memberikan bimtek hingga Jumat (22/7). Mereka berasal dari tim Kemendagri dan Kemenkeu,’’ tandasnya.

Terpisah, Sekretaris DPRD Mesuji Andrian Syarief menolak berkomentar lebih banyak mengenai agenda bimtek. Ia mengaku, tidak ikut dalam pelaksanaan bimtek karena ada rapat koordinasi sekretaris dewan seIndonesia di Bandung pada waktu yang sama. ’’Maaf, silakan konfirmasi kepada Bu Ketua saja,’’ singkatnya. Keberangkatan para legislator ini telah membuat kondisi sekretariat mati suri kemarin. Hanya terlihat Kepala Bagian Risalah Sekretariat DPRD Mesuji Hendra Triana dan Kepala Bagian Humas Protokol Almuzni beserta dua staf di kantor. (gan/c3/adi)

Albar Prioritaskan Disiplin Kerja PNS MESUJI – Peningkatan disiplin pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Mesuji menjadi tugas utama Penjabat (Pj.) Bupati Mesuji Albar Hasan Tanjung. Mantan kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Lampung ini terus mendorong tim gerakan disiplin nasional (GDN) untuk melakukan inspeksi mendadak (sidak) pada satuan kerja di lingkungan pemkab setempat. ’’Roda pemerintahan ini berjalan bergantung disiplin pegawainya. Jika tidak disiplin, jangan berharap mampu memberikan pelayanan sempurna kepada publik. Karenanya, saya akan intens me-warning seluruh Kasatker supaya memberikan contoh bagi

pegawainya,’’ urai Albar kepada harian ini kemarin. Bukan cuma itu. Albar juga menyoroti penggunaan kendaraan dinas (randis) yang tidak sesuai dengan ketentuan berlaku. ’’Randis ini bisa menimbulkan permasalahan jika peruntukannya tidak sesuai jabatan dan kepangkatan Kasatkernya. Ini juga akan ditertibkan,’’ terang mantan kepala Satuan Polisi Pamong Praja era kepemimpinan Gubernur Lampung Syamsurya Ryacudu ini. Menurutnya, program kerja yang menjadi prioritas saat kepemimpinannya adalah menyukseskan pelaksanaan Pilkada Mesuji 28 September 2011. ’’Saya me-warning pegawai supaya

bersikap netral. Randis juga jangan sampai disalahgunakan untuk kepentingan salah satu calon,’’ ujar mantan alumnus akademi militer (akmil) yang pernah menjabat sebagai Dandim Lampung Barat ini. Sikap tegas tersebut, ia menambahkan, karena untuk memperbaiki disiplin kerja dan mental PNS sebagai pengabdi masyarakat. Ia mengakui, sudah banyak menerima informasi mengenai tingkat disiplin kerja pegawai di lingkungan pemkab. ’’Saya berharap pegawai tidak memelihara budaya malas kerja. Jika ini sampai terjadi, kinerja pemerintah dan pelayanan publik bisa terhambat,’’ pungkasnya. (gan/c3/adi)

FOTO IST

KANTIN KEJUJURAN: Penjabat Bupati Tulangbawang Barat Hanan A. Rozak meninjau kesiapan SDN 2 Mulyaasri, Kecamatan Tuba Tengah, yang menjadi wakil Lampung pada Lomba UKS Tingkat Nasional 2011. Tampak Hanan meninjau kantin kejujuran di sekolah tersebut yang menjadi salah satu sasaran penilaian tim dari Jakarta.


PENDIDIKAN

30

SELASA, 19 JULI 2011

Cerdas Berkualitas

GERBANG UNILA

BMPS Provinsi Sikapi PPDB Sudahi Penggunaan Istilah Sekolah Gratis BANDARLAMPUNG – Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Provinsi Lampung menilai sejumlah regulasi atau kebijakan pemerintah daerah maupun pusat dalam bidang pendidikan sering membingungkan. Bahkan terkesan menyulitkan perguruan swasta hingga terpaksa menyerah dan mati secara perlahan. ’’Padahal, hakikat dan makna peraturan perundang-undangan dan kebijakan pemerintah di bidang pendidikan nasional sudah jelas. Yaitu acuan, pedoman, dan petunjuk pelaksanaan pendidikan di lapangan serta dorongan untuk kemajuan pendidikan nasional. Termasuk di dalamnya perguruan swasta,’’ ungkap Ketua BMPS Provinsi Lampung Hi. A. Hamid S., S.H., M.M. via rilisnya kepada Radar Lampung kemarin (18/7). Paling kentara, lanjutnya, pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun pelajaran 2011/2012. Yaitu adanya beberapa kepala daerah yang membiarkan sekolah negeri menerima peserta didik baru melebihi batas kuotanya. Bahkan mengeluarkan kebijakan sekolah negeri boleh membuka kelas sore (double shif). ’’Dalih untuk menampung sis wa tidak mampu dan menggratiskannya dari semua biaya pendidikan. Padahal semua itu klise, pembohongan publik. Karena faktanya di lapangan tidak demikian,’’ tegas Hamid didampingi Sekretaris Drs. Hi. Surip Salamto dan staf sekretariatnya Sulasmini, A.Md. Menyikapi keprihatinan masih adanya dikotomi negeri dan swasta, inkonsistensi peraturan pemerintah, serta pembohongan publik atas pendidikan gratis, BM PS Provinsi Lampung dan seluruh BMPS kabupaten/kota pun ber-

sikap. Sedikitnya ada 10 poin da lam pernyataan sikap berdasarkan hasil rapat kerja BMPS provinsi dan kabupaten/kota yang dilakukan 14–15 Juli 2011 di sekretariat BMPS provinsi, Perguruan Taman Siswa, Jl. W.R. Supratman, Telukbetung, Bandarlampung, tersebut. Kesepuluh poin sikap dimaksud, di antaranya BMPS akan terus berjuang mengembangkan peran swasta di bidang pendidikan. Kemudian sebagai komponen masyarakat, BMPS adalah mitra pe merintah dalam penyelenggaraan dan pengendalian mutu pendidikan; Guna menyiapkan pendidikan bermutu dan terjangkau, perguruan swasta membutuhkan dukungan berbagai pihak terutama pemerintah daerah dan pusat ser ta masyarakat umum; Menyatakan salut dan menghargai secara tulus pemerintah daerah/pusat serta DPR di semua tingkat yang sungguh-sungguh peduli terhadap perjuangan perguruan swasta; Mendorong pemerintah dan pemerintah daerah agar tetap memperhatikan keberadaan sekolah swasta dengan membantu membangun unit kelas atau sekolah baru di awal tahun pelajaran baru. ’’Kami juga mengimbau pemerintah/pemerintah daerah da pat melaksanakan pemetaan/pe nempatan terhadap tenaga guru PNS sehingga tidak terjadi penumpukan; Mendorong pemerintah serta masyarakat untuk menyudahi penggunaan istilah pendidikan/sekolah gratis dan menggantinya dengan pendidikan terjangkau atau pendidikan atas biaya negara; Mendorong pemerintah memperjuangkan guru menjadi profesional, bermartabat, dan sejahtera. Terakhir, menegaskan kepada pemerintah bahwa pendidikan dasar merupakan tanggung jawab negara yang direalisasikan perguruan negeri dan swasta,’’ pungkasnya. (rim/ c3/rim)

SUGENG P. H.

Tutup Pendaftaran Balon Rektor

FOTO SHINTA

SERIUS Peserta tes SPMB jalur mandiri IAIN Raden Intan Lampung, kemarin (18/7).

IAIN juga SPMB Mandiri Hari Ini, Unila Tes UML BANDARLAMPUNG – Ternyata tidak hanya Unila dan perguruan tinggi umum negeri lainnya yang kembali menjaring mahasiswa baru usai seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Raden Intan Lampung pun demikian. Seperti berlangsung kemarin (18//7), IAIN menyelenggarakan tes seleksi penerimaan mahasiswa barunya (SPMB) melalui jalur mandiri. Tercatat ada 1.040 peserta dari 1.045 pendaftar yang ikut dalam tes tersebut. ’’Dari total peserta tersebut, kuota

yang akan kami terima hanya 500an mahasiswa baru,’’ terang Pembantu Rektor I IAIN Raden Intan Lampung Prof. Dr. Idham Kholid, M.Pd. saat ditemui di kampus setempat, kemarin. Sebelumnya, lanjut Idham, IAIN juga telah melakukan SMPB jalur PTAIN. ’’Dari jalur tersebut, kami menerima 1.190,’’ terangnya. Pengumuman kelulusan jalur SMPB mandiri sendiri menurutnya pada 25 Juli 2011 mendatang. Kemudian, registrasi ulangnya tanggal 25–29 Juli 2011. ’’Terkait pembiayaannya baik SP MB maupun PTAIN belum ada perbedaan. Namun, ke depannya kemungkinan akan ada perbedaan,’’ tegasnya.

Sementara, Unila hari ini melaksanakan tes seleksi penerimaan mahasiswa barunya melalui jalur ujian mandiri lokal (UML). Tercatat ada 2.821 peserta yang akan diawasi 164 pengawas pada tes yang tersebar pada 67 ruangan di tujuh fakultas kampus ini. Masing-masing, peserta tes jurusan IPA di fakultas pertanian, teknik, dan MIPA. Kemudian, IPS di fakultas ekonomi, hukum, dan FISIP serta IPC di FKIP. ’’Pelaksanaan tes UML ini berlangsung ketat. Sama hanya seperti SNMPTN,’’ terang Koordinator Humas Penerimaan Mahasiswa Baru Unila Komarudin, M.T. seraya mengatakan, dari total peserta tersebut hanya akan diterima 700-an calon mahasiswa. (shn/hyt/c3/rim)

Hanson Buka HAN’S COURSE BANDARLAMPUNG – Juara matematik dan kompetisi bahasa Inggris nasional kelahiran Palembang, Hanson, membuka HAN’S COURSE di Bandarlampung. Beralamat di Jl. Hos Cokro Aminoto No. 83, Bandarlampung, lembaga kursus belajar tersebut resmi di-launching Minggu (17/7) malam. Sang jenius sekaligus pendiri HAN’S COURSE, Hanson, mengatakan, sistem kursus belajarmengajar di lembaganya ini dengan suasana kekeluargaan serta fasilitas pendukung terbaik dan tentor-tentor berkompeten lulusan

S-2 universitas dalam dan luar negeri. Seperti Daikin University Australia, Universitas Indonesia, Unila, dan LIA. ’’Namun, tahun ini kami baru membuka kursus belajar SMA IPA kelas 1, 2, dan 3 untuk mata pelajaran biologi, bahasa Inggris, serta ilmu eksak seperti matematika, fisika, dan kimia,” terang Hanson dalam launching tersebut. Sementara untuk kursus belajar SMA IPS rencananya dibuka 2012. Sekaligus kursus belajar SMP mulai kelas 1, 2, dan 3-nya. Dalam kesempatan tersebut, ia juga memberikan garansi kepada

Rubrik kerja sama Radar Lampung dengan Universitas Lampung (Unila) ini khusus menyampaikan informasi-informasi penting di lingkungan Unila. Kirimkan saran dan kritik melalui SMS ke 081272349777, 085269049535, atau 08127911443/Email humas@unila.ac.id

siswa yang berminat. Di antaranya jaminan lulus UN (cash back 300%). Kemudian jaminan peningkatan prestasi (cash back 75%). Sedangkan, fasilitas pendukungnya selain tentor-tentor berkompeten yaitu tersedia multimedia learning, ruangan full ac, ruang kelas eksklusif, layanan kesehatan, ruang santai, mini library, dan gratis bersantap di kantin Han’s. ’’Namun demikian, biayanya relatif terjangkau dan dapat diangsur per bulan,” promosinya. (rim/c3/rim)

TEKS IST

KONSEP KEKELUARGAAN: Salah satu kegiatan belajar di HAN’S COURSE dirancang seperti di rumah sendiri.

PANITIA kerja penjaringan bakal calon (balon) dan penyaringan calon rektor Unila 2011-2015 resmi menutup penjaringan balon rektor kemarin (18/7). Sementara sejak pendaftaran dibuka 7–18 Juli, dari 79 anggota senat yang berpotensi mencalonkan diri ternyata hanya ada tiga yang mengembalikan formulir dan bersedia mencalon. Ketiganya dari fakultas pertanian. Yaitu Prof. Dr. Ir. Sugeng P. Harianto, M.S. yang juga rektor saat ini. Kemudian Prof. Dr. Ir. Wan Abbas Zakaria, M.S. dan Dr. Ir. Paul Benyamin Timotiwu, M.S. ’’Ini pun belum final. Sebab masih ada tahap verifikasi balon. Rencananya besok siang (19/7) pukul 14.00, kami rapat internal panitia kerja untuk memverifikasi data balon dari persyaratan-persyaratannya. Barulah tanggal 27 Juli 2011 rapat pleno untuk menetapkan balon rektor. Selanjutnya penyaringan calon rektor,’’ papar Ketua Panitia Kerja Penjaringan Balon Rektor dan Penyaringan Calon Rektor Unila Periode 2011-2015 Prof. Dr. Muhajir Utomo, M.Sc., kemarin. Selain ketiganya, lanjut Muhajir, ada juga dua anggota senat lainnya yang mengembalikan formulir pendaftaran. Yaitu Prof. Dr. Suharso, Ph.D. dan Dr. Hardoko Insan Qudus, M.S. Keduanya dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). ’’Namun, keduanya menyatakan tidak mencalonkan diri,’’ terangnya seraya mengatakan 74 anggota senat lainnya tidak mengembalikan formulir kesediaan mendaftar. (hyt/c3/rim)

INFO KAMPUS

UBL Buka 4 Jalur PMB UNIVERSITAS Bandar Lampung (UBL) membuka empat jalur penerimaan mahasiswa baru (PMB). Yakni penerimaan beasiswa peduli anak bangsa (PBPAB), seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB), SPMB madani I, dan SPMB madani II. ’’Ini untuk memenuhi kuota mahasiswa baru kami sebanyak 1.200–1.300 mahasiswa pada tahun ini. Sama seperti kuota tahun-tahun sebelumnya,’’ kata Manajer Marketing dan Pusat Informasi UBL Ir. Indriati Agustiana Gultom, M.M. saat ditemui di ruang kerjanya kemarin (18/7). Khusus PBPAB, lanjutnya, yang diterima hanya 394 orang dari 1.226 pendaftar yang berlangsung pada Desember 2010–Februari 2011. Ada pun lokasi ujian jalur PBPAB ini langsung di kabupaten/ kota tempat peserta berasal. Seperti Bandarlampung, Pringsewu, Lampung Utara, Lampung Tengah, Lampung Selatan, dan Metro. ’’Penerimaan jalur beasiswa semacam ini telah kami gulirkan dari tahun ke tahun,’’ tandas dia. Ia menguraikan, pihaknya juga mengupayakan adanya orang tua asuh bagi mahasiswa penerima PBPAB tersebut. ’’Orang tua asuh tersebut ada yang berasal dari perusahaan-perusahaan, pribadi, juga UBL sendiri,’’ ujarnya Sedangkan, SPMB UBL sudah berlangsung sejak 7 Maret–30 April 2011 jumlah pendaftar 786 orang dan hanya diterima 318 orang. ’’SPMB UBL ini lebih ketat dibandingkan yang lainnya karena mencari orang berprestasi yang berhak mendapatkannya. Dengan persyaratan, misalnya nilai rapor kelas XI-XII, rekomendasi kepala sekolah yang menyatakan anak didiknya berprestasi, nilai tes, wawancara untuk validitasi data yang diisi, dan nilai tes yang tertinggilah yang mendapatkan beasiswa sesuai passing grade data statistik,’’ ungkapnya. (hyt/c3/rim)


PENDIDIKAN

SELASA, 19 JULI 2011

31

Media Prestasi dan Kreasi

Siti Khodijah, Juara II Saburai Cup Lampung TAK ingin dipanggil perempuan lemah, Siti Khodijah (17) ikut ekstrakurikuler taekwondo SMK BLK Bandarlampung. Ia pun mencetak prestasi di bidang ini karena menjadi juara II taekwondo Saburai Cup II se-Lampung 2011. Berkat prestasinya itu, ia tercatat sebagai atlet taekwondo pu tri yang berhasil menyabet perak di nomor under 63 kg. Siswi kelas 11 jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) SMK BLK Bandarlampung ini mempunyai prestasi lain di bidang yang berbedabeda. Yaitu juara II melukis antarpelajar SD se-Kecamatan Tanjungkarang Pusat 2004, juara II Lomba Lempar Lembing Antarpelajar SD se-Kecamatan Tanjungkarang Pusat 2005, juara II Lomba Renang se-Kecamatan Sukabumi 2007, Juara III Lomba Melukis se-Kecamatan Sukabumi 2007, dan juara II Tim Peraturan Barisberbaris Antar-SMA Sederajat 2009. Anak pertama dari pasangan Umar dan Suswaida ini menuturkan, sewaktu pertandingan taekwondo Saburai Cup II menggunakan sistem gugur dengan poin. ’’Misalnya poin satu untuk body, poin dua tendangan berputar, dan poin tiga kepala,’’ katanya. Ditambahkan, ada tiga ronde dalam pertandingan tersebut. ’’Satu ronde selama 2 menit sehingga jumlahnya enam menit,’’ ujar dia. Siswi kelahiran Bandarlampung, 4 Juli 1994, ini menambahkan, dalam pertandingan tersebut terdapat kategori prajunior, junior, dan senior. Untuk prajunior dibagi lagi dalam kelas under 45 kg, 51 kg, 55 kg, 59 kg, 63 kg putra serta under 49 kg, 52 kg, 59 kg, dan 63 kg putri. Lalu untuk kategori senior ada kelas under 74 kg putra serta under 46 kg dan 62 kg putri. Atlet taekwondo bersabuk hijau ini menambahkan, telah mewakili kategori junior dengan kelas under 63 kg karena dari seleksi fisik dan berat badannya yakni 60,1 kg, ia masuk kategori under 63 kg (59–63 kg). ’’Tidak terlalu banyak prestasi yang cukup membanggakan. Namun, saya percaya dalam meraih prestasi banyak perlu latihan dan disiplin, menjaga pola makan, menjaga kesehatan, mengikut arahan pelatih, dan berdoa,’’ terang warga Jalan Ratu Dibalau Gang Kenangan 2, Waykandis, ini. (hyt/c3/tru)

FOTO SHINTA

MENILAI: Tim penilai pusat Lomba Sekolah Sehat (LSS)-UKS yang diketuai Mahmud Yunus, S.K. M.Kes. disambut saat tiba di MAN 1 Bandarlampung.

Tim Pusat LSS-UKS Nilai MAN 1 Bandarlampung LOMBA Sekolah Sehat (LSS)UKS yang diadakan pemerintah pusat menjadi perhatian semua sekolah. Tahun ini, hasil seleksi di masing-masing tingkatan yakni ke camatan, kabupaten/kota, dan provinsi memilih MAN 1 Model Bandarlampung sebagai perwakilan Lampung untuk mengikuti LSS-UKS Nasional. Sejak enam bulan lalu ketika MAN 1 Model Bandarlampung dinyatakan lolos seleksi tingkat provinsi untuk selanjutnya mengikuti LSS tingkat nasional, pihak sekolah ini sudah melakukan persiapan. Kemarin, tim penilai LSS-UKS dari pusat melakukan penilaian ke sekolah ini. Kepala Dinas Pendidikan Kota

Bandarlampung Drs. Sukarma Wijaya mengatakan, saat jalannya penilaian oleh tim pusat, pihaknya mendukung MAN 1 Model Bandarlampung untuk menjadi sekolah sehat nasional. ’’Dari awal persiapan kami selalu memantau segala persiapannya, hingga hari ini pun kami tetap mendampingi hingga tim pusat selesai melakukan penilaian,’’ tegas Sukarma. Kemarin, tim dari pusat melakukan penilaian untuk seluruh kon disi di MAN 1 Model Bandarlampung. Menurut Kepala MAN 1 Model Bandarlampung Drs. Hi. Jamsari, M.Ag., ada tiga aspek yang menjadi penilaian tim pusat. Yakni pendidikan sehat, pelayanan pendidikan, dan lingkungan pendidikan yang sehat.

’’Keseluruhan aspek dinilai, seperti program unggulan sekolah dan ekstrakurikuler terutama UKS, dan program unggulan sekolah ini adalah keagamaan,’’ tuturnya di se la-sela penilaian oleh tim pusat. Para siswa pun termasuk objek penilaian karena akan ditanyai oleh tim penilai. Seperti tentang UKS, pengelolaan sampah, kebersihan, dan taman. ’’Jadi, di setiap ruang ada siswa yang menunggu dan akan menjelaskan program-program yang ada,’’ ujarnya. Tim pusat yang berjumlah 10 orang tiba di MAN 1 Model Bandarlampung pukul 11.25 WIB. Kedatangan tim penilai pusat yang diketuai Mahmud Yunus, S.K., M.Kes.

disambut tabuhan rebana oleh siswa-siswi MAN 1 Bandarlampung serta guru yang berbaris mengiringi kedatangan rombongan tim penilai. ’’Tim yang berjumlah 10 orang ini terdiri atas unsur Kemenag, Kemendiknas, Kemendagri, dan Kementerian Kesehatan,’’ ungkapnya seraya mengatakan pengumuman hasil seleksi pada awal Agustus 2011. Acara penerimaan kedatangan tim penilai yang dihadiri kepala Biro Sosial Provinsi Lampung, sekretaris Kota Bandarlampung, ketua Pengadilan Agama Kota Bandarlampung, asisten Kesra Bandarlampung, kepala dinas beserta staf Disdik Bandarlampung, inspektorat kota, ketua Tim Penggerak PKK, serta seluruh kepala MA se-Lampung

itu dibuka dengan tarian Lampung oleh siswa-siswi Di tempat sama, Mahmud Yunus mengatakan, sebanyak 76 sekolah mengikuti LSS nasional yang terdiri tingkat TK, SD, SMP, dan SMA sederajat. ’’Penilaian dilakukan dari 18–21 Juli untuk Lampung, dan ada 19 provinsi yang ikut LSS. Masing-masing provinsi mempunyai utusan empat sekolah, yakni untuk TK, SD, SMP, SMA,’’ tuturnya. Empat sekolah yang menjadi perwakilan Lampung untuk LSS nasional yakni TK Pembinaan Gedongtataan, SDN 2 Mulyasari Lampung Selatan, SMPN 2 Metro, dan MAN 1 Model Bandarlampung. (shn/c3/tru)

Pramuka IAIN Gelar Perkemahan Songsong Ramadan UKM Pramuka IAIN Raden Intan Bandarlampung mengadakan Perkemahan Songsong Ra madan (PSR) se-Lampung yang berlangsung 17–21 Juli 2011 di Bumi Perkemahan IAIN Raden Intan Lampung. Bendahara Pelaksana PSR Kho lifatul Husna mengatakan, kegiatan ini diadakan rutin setiap tahun dan kali ini adalah yang ke-23. ’’Diikuti oleh 20 sekolah se-Lampung yang terdiri 20 pangkalan, masing-masing 10 putra dan 10 putri. Jadi, total keseluruhan pe-

serta sebanyak 400 peserta dan 40 bina damping yang terdiri guru dan pembina Pramuka di sekolah masing-masing,’’ katanya. Ia menguraikan, banyak sekolah dari luar Lampung yang ikut pada kegiatan dengan dibuka ketua Kwarda Kwartir Daerah diwakili Wakil I Kwarda Kwartir Dae rah Munatsir Amin serta dihadiri rektor, pembantu rektor, dekan dari IAIN, Unila, STAIN, dan STO. ’’Tujuan kegiatan dalam rangka menyambut Ramadan ini untuk membentuk manusia berkualitas,

bersifat terpuji, dan diharapkan mampu mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan dalam kehidupan bermasyarakat serta da pat meningkatkan imtak dan iptek,’’ urainya. Lebih lanjut Kholifatul menambahkan, PSR berisi rangkaian kegiatan yang di antaranya lomba PBB, kaligrafi, pensyarahan Alquran, senam Pramuka, pidato bahasa Lampung, membuat menu buka puasa, pentas seni dan lomba kebersihan, serta kreativitas tenda. ’’Selain kegiatan perlombaan,

juga diadakan donor darah yang dilaksanakan Senin (18/7) serta pemberian materi bagi peserta tentang pendidikan karakter bangsa, bahaya narkoba dan cara penanggulangannya, antisipasi ge rakan Islam radikal, serta UU No. 12/2010 tentang Gerakan Pramuka,’’ ungkap dia. Sedangkan kemarin, peserta mendapatkan materi tentang navigasi darat yang diisi oleh Korem, SKU Penegak dan Pramuka Garuda, serta manasik haji dosen IAIN. (shn/c3/tru)

KREATIVITAS Peserta Perkemahan Songsong Ramadan (PSR) IAIN Raden Intan mengikuti lomba kaligrafi.

FOTO SHINTA



RADAR LAMPUNG | Selasa, 19 Juli 2011