Issuu on Google+

SELASA, 29 JUNI 2010

36 HALAMAN/Rp3.000,-

Muat Rekening Polri, Tempo Cetak Ulang

KPK Loyo Periksa Rekening Jenderal

MAJALAH Tempo edisi terbaru bertajuk Rekening Gendut Perwira Polisi yang terbit kemarin (28/6) mendadak ludes di pasaran. Majalah bergambar kartun polisi itu diborong oleh pria-pria berbaju safari. Tempo menulis laporan utama tentang rekening mencurigakan para perwira polisi dengan angle utama wawancara dengan Kabareskrim Komjen Pol. Ito Sumardi. Windalaksana –kepala Divisi Sirkulasi, Distribusi, dan Pemasaran Tempo– mengatakan, setelah melakukan pengecekan ke agen, Tempo memutuskan mencetak ulang. ’’Rencana edar besok (hari ini, 29/6) untuk memenuhi kebutuhan pelanggan,’’ kata Winda di Jakarta kemarin. Dari pantauan Jawa Pos (grup Radar Lampung) di beberapa sentra penjualan majalah di Jakarta, Tempo sulit didapat. Gerai majalah di dekat kampus Bina Nusantara, Rawabelong, Jakarta Barat, yang biasanya mempunyai stok majalah hingga puluhan eksemplar habis dibeli sejak pagi. ’’Dibeli oleh bapak-bapak pakai mobil patroli polisi sekitar pukul 08.00 WIB. Semuanya,’’ kata Yuliawan, penjaga gerai itu, kemarin. Kantor Biro Radar Lampung Jakarta yang biasanya disetori rutin oleh agen juga tak dikirim. Menurut agen itu, tidak ada stok untuk diantarkan. ’’Tapi, nanti kalau ada lagi pasti diantar,’’ kata Wahyu, petugas agen majalah itu, saat dihubungi sekretariat redaksi kemarin. Baca MUAT Hal. 11 FOTO JPNN

DIPERIKSA LAGI: Luna Maya keluar usai menjalani pemeriksaan selama 12 jam di Bareskrim Mabes Polri kemarin (28/6). Ia hanya tersenyum ketika meninggalkan Mabes Polri.

Calon pun Belum Dapat Kartu Pemilih

JOHANNESBURG – Sempat tertekan oleh Cile pada awal babak pertama 16 besar Piala Dunia dini hari tadi WIB, Brazil berbalik unggul 3-0 (2-0). Dengan begitu, tim Samba –julukan Brazil– akan bentrok pada babak perempat final dengan Belanda yang menang atas Slovakia 2-1 (1-0). Di tengah tekanan, Brazil berusaha mencari kesempatan melakukan serangan balik atau bola mati untuk mencetak gol. Setelah beberapa kali menemui kegagalan, mereka berhasil unggul berkat Juan pada menit ke-35. Cile belum menciptakan ancaman baru ketika Brazil menggandakan keunggulan melalui Luis Fabiano pada menit ke-38. Sepasang gol itu melambungkan kepercayaan diri Brazil. Robinho membawa Brazil semakin jauh meninggalkan Cile pada menit 59. Sementara itu, Robben menjawab kepercayaan sang pelatih dengan gol cantik pada menit ke-18. Wesley Sneijder menggandakan keunggulan Oranje –sebutan Belanda– enam menit sebelum bubaran.

BANDARLAMPUNG – Menjelang pemungutan suara pilkada enam kabupaten/kota besok (30/6), masih banyak permasalahan menghantui. Yang paling krusial, yakni masih belum meratanya pendistribusian kartu dan undangan pemilih (form C6). Bukan hanya itu. KPU sebagai penyelenggara juga dibayangi kekhawatiran kesalahan teknis ketika pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara. Calon wakil wali kota Bandarlampung Syamsul Rizal mengaku belum mendapatkan kartu dan undangan pemilih. Pasangan Sauki Shobier ini akan menggunakan hak pilihnya di TPS 10 Jl. Cengkeh, Perumahan Wayhalim, Kedaton. ’’Saya belum dapat kartu pemilih,’’ kata Syamsul yang maju dari jalur perseorangan ini kemarin. Sauki kemarin juga mempertanyakan belum sampainya kartu dan undangan pemilih bagi seratusan pendukungnya di Enggal, Tanjungkarang Pusat. ’’Saya mendapat laporan bahwa massa saya belum mendapat kartu pemilih,’’ kata Sauki yang akan memilih di TPS 13, Jl. Dr. Harun II, Kelurahan Kotabaru, Tanjungkarang Timur. Terpisah, tim advokasi Badan Bantuan Hukum PDIP Lampung kemarin mengungkapkan temuan terhadap permasalahan distribusi kartu dan undangan pemilih. Temuan pada TPS 03 Perumnas Wayhalim, Kedaton, dengan mata pilih delapan orang dalam satu keluarga. ’’Namun, petugas justru memberikan 13 kartu dan undangan, berarti akan ada lima suara yang dobel,’’ ujar Ketua Tim Advokasi Badan Bantuan Hukum PDIP Lampung Apriliati saat menggelar konferensi pers. Temuan lain, lanjut perempuan berkacamata ini, terdapat keluarga di Jl. Tanjung, Rawalaut, Tanjungkarang Pusat, dengan keluarga dengan enam mata pilih. Pada Pilgub 2008 serta Pileg dan Pilpres 2009, semua anggota keluarga mendapatkan kartu dan undangan pemilih. Tapi, pada Pilkada 2010, hanya dua orang dan empat lainnya tidak dapat. Dia berharap pilkada bisa berjalan fair dengan menghormati hak pilih dan jangan mencederai demokrasi masyarakat.

Baca BELANDA Hal. 11

Baca CALON Hal. 11

FOTO REUTERS

TERBUAT DARI COKELAT: Sepasang sepatu sepak bola cokelat yang ditampilkan di World Chocolate Wonderland, Taipei, kemarin. Pameran diadakan dari 1 Juli–29 September 2010 di National Taiwan Ilmu Pendidikan Centre, Shihlin, ini menampilkan berbagai kreasi seluruhnya terbuat dari cokelat, termasuk pencakar langit Taipei 101, Tembok Besar China, dan Gua Mogao.

Belanda Bertemu Brazil

JAKARTA – Tiga hari menjelang ulang tahunnya ke-64 pada 1 Juli, korps kepolisian kembali jadi sorotan. Lembaga bersemboyan Rastra Sewakotama itu diguncang isu lama yang tak kunjung tuntas. Yakni dugaan rekening mencurigakan sejumlah perwira dan para jenderal. Sejumlah pihak mendesak agar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengambil alih kasus ini sebelum HUT Bhayangkara. Pelapor resmi kasus ini, Indonesia Corruption Watch (ICW), meminta agar Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) turun langsung memanggil Kapolri. ’’Ketika kami bertemu dan melapor pada anggota Satgas Antimafia Hukum, mereka sudah berjanji akan ada tindak lanjut. Tapi, mana buktinya?” ujar Koordinator Divisi Investigasi ICW Tama Satrya Langkun kemarin (28/6). Dugaan rekening mencurigakan perwira polisi sudah ada sejak 2005. Ketika itu, Susno Duadji menjabat sebagai wakil ketua Pusat Pelaporan Analisa Transaksi Keuangan (PPATK). Ada 15 rekening yang dicurigai. Namun, hingga lima tahun laporan itu ’’menguap” tanpa tindak lanjut. Pada awal Mei 2010, ICW kembali membeber laporan itu pada publik. Jumlahnya bertambah tak hanya 15, namun 21 rekening. Baca KPK Hal. 11

REKENING YANG TIDAK KUNJUNG BENING Pada 2005 PPATK pernah melaporkan temuan 15 rekening mencurigakan para perwira Polri ke Komisi III DPR. Ketika itu, wakil ketua PPATK dijabat Susno Duadji. Selama lima tahun temuan ini mengendap dan tidak pernah diungkap lagi. 1 Mei 2010 Indonesia Corruption Watch (ICW) membeber temuan itu ke publik. 6 Mei 2010 Ketua PPATK Yunus Husein mengakui lembaganya melakukan penelitian terhadap rekening para perwira Polri. Namun, Yunus hanya memberikan data itu ke kepolisian dan kejaksaan. 3 Juni 2010 Kabareskrim Komjen Pol. Ito Sumardi di gedung BPK menegaskan, pihaknya sudah mengklarifikasi sejumlah rekening yang dilaporkan PPATK. Hasilnya, sebagian besar tidak ada masalah karena berasal dari bisnis keluarga.

FOTO DINA PUSPASARI

MELAPOR: Calon wali kota Bandarlampung Kherlani saat melapor ke Poltabes Bandarlampung tadi malam.

Kherlani Laporkan Kampanye Hitam BANDARLAMPUNG – Calon wali kota Bandarlampung Kherlani melaporkan black campaign (kampanye hitam) yang ditujukan kepadanya tadi malam. Laporan diterima oleh Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) III Aiptu Supri Haryanto. Dalam laporan polisi nomor LP/ B/3289/VI/2010/LPG/TABES BALAM, Kherlani melaporkan kader PKS, yakni Tio (27). Kherlani datang ke Mapoltabes Bandarlampung bersama sejumlah tim pemenangannya. Di antaranya, Ketua Tim Peme-

nangan Kherlani-Heru Sambodo (Khado) Ahmad Sibli Rais, pengurus Partai Golkar, dan politisi Thomas Aziz Riska. Kherlani mengatakan, dirinya melaporkan ini karena sejak Minggu (27/6) malam banyak selebaran berisi kontrak politik antara pasangan Khado dengan para pemuka agama se-Bandarlampung. Menurut dia, isi selebaran telah dibuat sedemikian rupa untuk pembunuhan karakternya sebagai calon wali kota. ’’Saya merasa dizalimi. Dari kejadian ini, ada dua hal pokok.

Pertama, saya merasa dirugikan secara materiil, nonmateriil, maupun politik. Kedua, saya merasa tidak nyaman dan tidak senang karena ada pemalsuan tanda tangan saya di situ. Maka saya lapor ke polisi supaya bisa ditindaklanjuti,’’ katanya. Wakil wali kota ini menambahkan, kerugian nonmateriil yang ia alami jika dihitung selama bertahun-tahun dirinya tidak tidur untuk melakukan proses sosialisasi calon. Baca KHERLANI Hal. 11

10 Juni 2010 Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri di gedung PTIK menegaskan sudah ada upaya internal untuk mengklarifikasi laporan PPATK. Kapolri juga meminta agar media tidak membesarkan isu ini karena sudah ditangani bersama antara polisi dan PPATK. 16 Juni 2010 ICW resmi melaporkan dugaan gratifikasi dari rekening para perwira Polri ke Satgas Pemberantasan Mafia Hukum. Satgas mendukung keterlibatan KPK mengusut kasus ini. 28 Juni 2010 Majalah Tempo yang menurunkan laporan utama soal rekening mencurigakan perwira Polri habis diborong kelompok pria bersafari. Satgas akan rapat internal menyikapi perkembangan kasus ini. Sedangkan KPK menyebut laporan ICW masih dalam tahap penelahaan Direktorat Pengaduan Masyarakat.

Suasana Inggris setelah The Three Lions Tersingkir dari Piala Dunia

Warga Marah, Media Sebut Tim Sampah Bila ada satu kata yang bisa mewakili perasaan publik Inggris sekarang, kata tersebut adalah shock. Mereka sangat terpukul, sakit, dan marah setelah Timnas Inggris dilumat Jerman 1-4 pada babak 16 besar Piala Dunia 2010.

Lampard. Namun, kemarahan itu tidak seberapa jika dibandingkan kekesalan saya saat melihat para pemain Inggris. Mereka bermain buruk sekali. Mereka tidak layak mewakili Inggris,’’ tambah Abbott. Mathew Lloyd, mahasiswa asal Leeds, Inggris Utara, juga mencibir. ’’Apakah permainan mereka memang seburuk itu? Tidak mengherankan, mereka disebut sampah,’’ ketusnya. Masyarakat Inggris sebenarnya siap kalah melawan Jerman. Bayangan mereka, kalau Inggris harus kalah, caranya terhormat. Misalnya, kalah lewat adu penalti seperti yang terjadi dalam beberapa turnamen besar sebelumnya. Karena itu, berbagai media Inggris pada Minggu (27/6) memberitakan pelatih The Three Lions –julukan Inggris– Fabio Capello telah menyiapkan lima algojo untuk

Laporan Nurani Susilo, LONDON

FOTO REUTERS

IMPRESIF: Striker Brazil Robinho tampil impresif saat melawan Cile dini hari tadi WIB. Brazil unggul 3-0.

’’SUNGGUH sangat menyakitkan,’’ ujar Steve Abbott, warga Bristol, Inggris Barat, sesudah menyaksikan tayangan langsung laga Jerman kontra Inggris melalui layar raksasa. Jelas terlihat kekecewaan yang mendalam di raut wajahnya. Bendera Inggris teronggok di samping pria yang sehari-hari berprofesi sebagai tukang cat tersebut. ’’Saya marah dan kesal karena wasit menganulir gol Frank

Ingin Berlangganan, Hubungi: (0721) 782306-7410327

FOTO AFP

KECEWA: Fans Inggris di London yang kecewa ketika timnya dibantai Jerman 1-4.

Baca WARGA Hal. 11

www.radarlampung.co.id


METRO BISNIS

2

SELASA, 29 JUNI 2010

Sarana Komunikasi Bisnis

Setop Ekspor Barang Wajib L/C JAKARTA - Pemerintah mencabut pengaturan ekspor barang yang wajib menggunakan letter of credit (L/C). Pencabutan larangan ini dituangkan dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No 27/M-DAG/PER/6/2010 tanggal 24 Juni 2010. Permendag ini diterbitkan sebagai penyempurnaan kebijakan sebelumnya sehubungan dengan membaiknya perekonomian Indonesia selepas krisis global. ”Melihat kondisi Indonesia yang membaik serta mempertimbangkan masukan pemangku kepentingan, pemberlakuan ekspor barang wajib L/C kami hentikan pemberlakuannya,” kata Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu dalam keterangan persnya kemarin (28/6). Dilanjutkan, meskipun pengaturan ekspor yang wajib menggunakan L/C telah dicabut, pemerintah akan memperoleh informasi penyaluran hasil ekspor melalui pemberitahuan ekspor barang (PEB) yang akan disempurnakan. Hasil rapat koordinasi terbatas yang dipimpin Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian tanggal 17 Juni 2010 yang dihadiri Ke-

menterian Perdagangan, Kementerian Pertanian, Kementerian Perhubungan, Kementerian ESDM, Bank Indonesia, serta Ditjen Bea dan Cukai mengenai evaluasi pelaksanaan pengaturan ekspor barang yang wajib menggunakan L/C memutuskan bahwa pengaturan dimaksud dinilai tidak diperlukan lagi. Mari menjelaskan, setelah krisis, perdagangan Indonesia menunjukkan prospek yang sangat cerah. Cadangan devisa juga cenderung meningkat setiap bulannya. Di mana pada Mei 2010 cadangan devisa mencapai USD74.587,3 juta, sedangkan Oktober 2008 hanya USD50.580,2 juta. Demikian juga kebutuhan likuiditas pada perbankan, sudah terpenuhi. Saat krisis keuangan global yang terjadi sejak akhir tahun 2008, Indonesia dengan perekonomian yang terbuka mengalami dampak krisis. Antara lain menurunnya cadangan devisa serta terjadinya kekeringan likuiditas pada perbankan yang mengakibatkan kesulitan pembiayaan perdagangan bagi eksporter. Sebagai salah satu langkah pengamanan sektor riil saat krisis, pemerintah mengatur ekspor barang

RI Perpanjang Larangan Impor Udang Vanamae

yang wajib menggunakan L/C melalui Permendag No 01/M-DAG/ PER/1/2009 tanggal 5 Januari 2009. Yang disempurnakan dengan Permendag No 10/M-DAG/PER/3/ 2009 sebagaimana telah diubah terakhir dengan Permendag No. 57/MDAG/PER/10/2009 tanggal 30 Oktober 2009. Kebijakan ini ditujukan untuk memperlancar perolehan devisa dari ekspor. Sejak dikeluarkannya pengaturan ekspor barang yang wajib menggunakan L/C, telah dilakukan tiga kali penundaan dengan pertimbangan. Antara lain memberikan waktu yang cukup bagi eksporter untuk melakukan negosiasi atas kontrak yang sedang berjalan serta penyesuaian cara pembayaran atas ekspor yang telah dilakukan secara reguler. Dalam masa penundaan tersebut, eksporter tetap diwajibkan menyampaikan laporan setiap bulan atas realisasi ekspor dan penerimaan hasil ekspor. Oleh karena itu, dengan diberlakukannya peraturan ini, eksporter dibebaskan dari ketentuan wajib L/C, namun tetap dikenakan wajib lapor. (jpnn/wan)

Saat Pilkada, Stok Beras Bulog Lampung Aman BANDARLAMPUNG - Dalam rangka pelaksanaan pesta demokrasi yang diadakan di beberapa daerah di Lampung pada pertengahan tahun 2010, stok beras yang ada di gudang Bulog aman. Artinya, untuk memenuhi kebutuhan penyaluran rutin yang dilakukan oleh Bulog Lampung tercukupi. ’’Jumlah stok beras yang ada di gudang Bulog se-Lampung saat ini

9.040

berjumlah 35.182 ton. Jumlah ketahanan stok yang dimiliki Bulog Lampung tersebut bertahan 3,1 bulan ke depan,” jelas Kepala Humas Bulog Lampung. Hingga 24 Juni 2010, dari 14 kabupaten/kota se-Lampung, Bulog telah membeli beras petani Lampung sejumlah 49.999 ton. Sementara itu, sampai tanggal 24 Juni, kontrak pembelian hasil panen petani Lampung tahun 2010 yang telah ditandatangani Bulog Lampung mencapai 51.161 ton setara beras. Dari rencana pembelian 135.000 ton selama tahun ini.

Realisasi pembelian 49.999 ton tersebut telah masuk gudang Bulog. Pemasukan ini berlangsung secara kontinu. Dan sampai saat ini, Bulog Lampung terus melakukan pembelian beras petani. Dalam melakukan pembelian hasil panen petani, Bulog Lampung melakukan tiga saluran pengadaan pembelian gabah/beras dalam negeri. Ketiga saluran tersebut yaitu mitra kerja, UPGB (unit pengolahan gabah beras), dan satuan tugas operasional pengadaan gabah/ beras dalam negeri (Satgas Ada DN). (wan)

FOTO OKTA KUSUMA JATHA

MENGGELIAT: Beginilah salah satu pemandangan sudut pasar di Bandarlampung.

Mitra Muda Reksa Mandiri Berangkatkan 250 TKI BANDARLAMPUNG - PT Mitra Muda Reksa Mandiri (MMRM) memberangkatkan 250 tenaga kerja Indonesia (TKI) ke Malaysia. Dua perusahaan besar yang menjadi tujuannya adalah Western Digital (M) SDN BHD dan Ssen Agriculture SDN BHD. Pengiriman TKI tersebut dilakukan secara bertahap. Sebanyak 196 orang akan dikirim mulai tanggal 6, 7, 9, dan 10 Juli. Sedangkan sisanya akan diberangkatkan di atas tanggal 12 Juli mendatang. Institutional Relations & Recruitment Deputy PT MMRM Fathul Mu’in Aziz mengatakan, pada awalnya pihaknya ingin memberangkatkan para TKI untuk terbang dengan pesawat carteran ke Malaysia. Namun dikarenakan pesawat yang ada sudah full akibat hari libur, maka akhirnya diputuskan untuk melakukan pengiriman secara bertahap. PT MMRM memilih sektor formal sebagai tempat untuk mengirimkan para TKI tersebut karena keamanan yang ditawarkan lebih terja-

Dengan Gentong Mas, Kapan dan dimanapun Siap Kerja Kesehatan adalah itu mahal harganya. Jika tubuh sakit tak hanya rezeki terhenti, uang juga harus keluar untuk biaya berobat. John Sikumbang (50 th) , warga Jl P Bawean, Sukarame Bandar Lampung- Lampung menyadari betul bahwa kesehatan adalah modal penting bagi dirinya selaku wiraswasta yang area kerjanya luas. Kegiatan John berkeliling kota maupun keluar kota ikut pameran membuat dirinya mudah diserang masuk angin , pegal dan kaki kesemutan. Meski acap dianggap enteng, masuk angin dapat menyebabkan kematian. Tatkala gejala masuk angin berubah menjadi rasa nyeri dan sesak di dada, berhati-hatilah sebab boleh jadi itu Angin Duduk (masuk angin akut) yang dapat menyebabkan kematian mendadak John sudah berusaha mengatasinya dengan minum berbagai obat dan jamu, namun hasilnya belum memuaskan. Hingga suatu hari, seorang sahabat memberinya Gentong Mas untuk dicoba. Belum seminggu mengkonsumsi secara rutin, manfaat Gentong Mas telah dirasakannya, masuk angin mulai jarang menderanya dan kesemutan dan pegal pada kaki perlahan menghilang. “ ..Alhamdulillah, sekarang masuk angin tak datang lagi , stamina kian prima , siap kerja agar rejeki mengalir lancar “ ucap pria yang kini terlihat makin energik di usia baya. Manfaat lain Gentong Mas

yang dirasakan John adalah meningkatnya vitalitas dirinya untuk lebih membahagiakan istri. “..kini saya rutin menikmati kelezatan Gentong Mas dua kali sehari “ ucap John mengakhiri obrolan. Dengan Gula Aren dan Nigella Sativa (Habbatussauda) sebagai bahan utama, Gentong Mas terbukti memiliki banyak khasiat. Menurut Jeff Nugent dalam buku “Permaculture Plants (2004)” Riboflavin dan Ascorbic Acid , yang dikandung Gentong Mas, memperlancar metabolisme, memperkuat kekebalan tubuh, membersihkan dan melancarkan saluran pencernaan dan tenggorokan . Sedangkan menurut Imunolog Jerman, Hidelbert Wagner, Nigella Sativa pada Gentong Mas meningkatkan vitalitas pria dan memperkuat pertahanan tubuh

menghadapi alergi dan masuk angin. Banyak kandungan Gentong Mas lainnya seperti Leucine, Myristic Acid, Niacin, Serine yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Meski demikian agar hasilmaksimal, pola hidup sehat yaitu olahraga teratur, mengurangi rokok dan banyak minum air putih tetap perlu dilakukan. Gentong Mas dibuat dari bahan murni pilihan dan diproses alami tanpa campuran bahan kimia dan pengawet. Menurut Ridwan Alawi, Eksekutif Marketing PD Gentong Mas, semakin banyaknya masyarakat yang merasakan manfaat Gentong Mas membuat tingkat permintaan terus meningkat. Untuk informasi lebih lanjut silahkan Kunjungi www.gentongmas.com.dan bagi anda yang membutuhkan silahkan hubungi : 0721 – 3625019 / 081210883349, Bagi anda yang ingin mendapatkannya sudah tersedia di Apotek / Toko Obat Terkemuka Di Kota Anda. Bandar Lampung : 081210883349, Pesawaran:081210883349, Pringsewu:081210883349, Metro:081272262280,Tanggamus:08197990442,Lampung Barat:081379743471,Lampung Utara:081379675065, Tulang Bawang Barat:081369577099, Mesuji:081385858185,Lampung Tengah : 087899484499, Lampung Selatan : 087899484499,Tulang Bawang Unit 2 : 087899484499, Lampung Timur : 081369427011 Depkes:PIRT:812.3205.01.114

min. Sebab, perusahaan yang dituju berbadan hukum yang terikat oleh UU nasional maupun internasional. Kesehatan pekerja lebih terjamin karena disyaratkan aturan internasional (ILO). Tingkat keberhasilan dengan standar order dan kinerja TKI yang tidak perlu diragukan lagi. Martabat bangsa akan lebih terangkat dengan semakin banyaknya pekerja sektor formal. Serta kesejahteraan dapat lebih terjamin. ’’Ternyata kesejahteraan yang ditawarkan Western Digital SDN BHD bisa bagus. Dengan kisaran pendapatan per bulan yang mencapai 1.800 ringgit Malaysia. Di mana satu ringgit Malaysia setara Rp2. 800,” tutur Fathul kemarin. Ditambahkan, pemberangkatan tersebut dinilai sangat baik untuk mengurangi pengangguran, dan prospek untuk Lampung ke depannya. Hal itu juga bisa dijadikan landasan berpikir bagi para stakeholder untuk mengurangi pengangguran tanpa masalah. ’’Sejak berdiri pada tahun 1999, kami sudah banyak melakukan pe-

ngiriman ke berbagai negara. Untuk saat ini, permintaan banyak berasal dari Malaysia. Rencananya, pada akhir 2010 nanti, kami sudah bisa mengirimkan TKI ke Korea dan Jepang,” ungkap Fathul. Syarat yang dibutuhkan sangatlah mudah. Yakni dengan pendidikan minimal SMP/SMA, sehat jasmani dan rohani, ijazah terakhir, serta kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK) asli. Sedangkan fasilitas yang ditawarkan untuk para pekerja nantinya adalah asrama dan transportasi, asuransi Indonesia dan Malaysia, klinik kesehatan gratis, pajak/levy gratis, cuti tahunan dan hari besar, tiket pesawat pergi–pulang, berbagai tunjangan dan bonus, serta pola kerja 4-2-4-2 dengan dua sif. Sedangkan biaya pendaftaran dan keberangkatan menggunakan pinjaman biaya proses/penempatan 2.000 ringgit Malaysia, yang dapat diangsur selama dua tahun, atau 24 bulan. Dengan besarnya 83 ringgit Malaysia. (okj/wan)

JAKARTA - Indonesia memperpanjang larangan importasi produk udang beku dan tidak beku untuk jenis udang Penaeus Vanamae. Larangan ini bertujuan mencegah menyebarnya virus berbahaya. Ketentuan ini berdasarkan kesepakatan bersama antara Departemen Perdagangan (Depdag) serta Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP) yang telah menerbitkan Peraturan Bersama Nomor 26/M-DAG/PER/6/ 2010 dan PB.01/MEN/2010 tanggal 23 Juni 2010. Yakni tentang larangan sementara impor udang spesies tertentu ke wilayah Republik Indonesia sebagai tindakan antisipatif terhadap maraknya peredaran udang yang terserang virus berbahaya di pasar internasional. Peraturan ini merupakan perpanjangan aturan terdahulu yang sudah berlaku enam bulan sejak dibuat pada 23 Desember 2009. Peraturan baru ini berlaku selama enam bulan terhitung sejak tanggal 23 Juni 2010 dan dapat diperpanjang untuk enam bulan berikutnya. Larangan ini hanya berlaku untuk udang beku, yaitu udang kecil dan udang biasa dari spesies Penaeus Vanamae (pos tarif/HS ex. 0306.13.00.00) dan udang tidak beku (segar atau dingin). Yaitu udang kecil dan udang biasa dari spesies Penaeus Vanamae (pos tarif/HS ex. 0306.23.30.00). Sedangkan udang yang tidak termasuk dalam spesies Penaeus Vanamae, seperti dalam bentuk udang utuh (head on) maupun udang tidak utuh (head less), hanya dapat diimpor melalui lima pelabuhan laut. Yaitu Belawan di Medan, Tanjung Priok di Jakarta, Tanjung Emas di Semarang, Tanjung Perak di Surabaya, dan Soekarno-Hatta di Makassar. Sedangkan untuk pelabuhan udara yakni Polonia di Medan, Soekarno-Hatta di Jakarta, Juanda di Surabaya, dan Sultan Hasanuddin di Makassar. Dalam kesepakatan bersama itu diatur apabila udang yang dilarang tersebut telah tiba di pelabuhan Indonesia pada atau setelah tanggal ditetapkan 23 Desember 2009, maka wajib di re-ekspor ke negara asal atau dimusnahkan. Biaya re-ekspor atau pemusnahan menjadi tanggung jawab atau beban importer. Berdasarkan data dari Badan Kesehatan Hewan Dunia/Office Internasional des Epizooties (OIE), terdapat tujuh penyakit virus pada udang yang dikategorikan berbahaya bagi kesehatan udang dan harus diwaspadai dalam sistem perdagangan. Ketujuh penyakit tersebut adalah taura syndrom virus (TSV), white spot syndrom virus (WSSV), yellow head disease (YHD), tetrahedral baculovirosis (baculovirus penaei), spherical baculovirosis (penaeus monodon-type baculovirus), infectious hypodermal and hematopoietic necrosis virus (IHHNV), serta infectious myo necrosis virus (IMNV). (net/wan)

Bursa Kejar Defisit 20 Emiten JAKARTA - Pemilik merek dagang Sari Roti, PT Nippon Indosari Corporindo Tbk. (ROTI), resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI). ROTI melepas 151,854 juta saham dengan meraup dana segar Rp193, 613 miliar. Dana IPO senilai Rp154 miliar akan dipakai untuk membangun pabrik di Semarang dan Medan. ’’Sejatinya, saham perseroan mengalami kelebihan permintaan. Tetapi, kami tetap melepas saham 151,8 juta dengan harga Rp1.275,” ungkap Wendy Yap, presiden direktur ROTI, di Jakarta, Senin (28/ 6). Sementara sisa dana IPO akan dipakai melunasi utang kepada BCA dan Bank Resona Perdania senilai Rp85 miliar. Manajemen direncanakan melunasi utang itu pada tahun ini. ’’Benar, saham perseroan mendapat respons positif pasar,” tambah Halim Susanto, presiden direktur OSK Nusadana, selaku penjamin pelaksana emisi. Sepanjang tahun 2009 lalu pendapatan produsen roti ini sekitar Rp489,9 miliar, di mana laba bersihnya hanya Rp34,7 miliar. Dengan adanya penambahan dua pabrik yang saat ini sedang dibangun, Nippon Indosari menargetkan pendapatan mencapai Rp636 miliar dengan laba bersih Rp116 miliar. ROTI merupakan perusahaan kelima yang menjadi public listed company secara resmi pada papan pencatatan bursa. Sebelumnya, empat emiten sudah listing, semisal PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK), PT Benakat Petroleum Energy Tbk (BIPI), PT PP Persero Tbk (PTPP) dan, PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR). So, bursa masih defisit 20 emiten untuk melengkapi target sebanyak 25 emiten hingga penghujung tahun. (jpnn/wan)


METRO BISNIS

SELASA, 29 JUNI 2010

3

Sarana Komunikasi Bisnis

Nokia Kembali Lansir Ponsel Terbaru BANDARLAMPUNG – Nokia kembali meluncurkan ponsel QWERTY termurah dengan fitur yang sesuai kebutuhan. Setelah melakukan launching di Palembang untuk area Sumbagsel, Nokia menggelar stan di Mal Kartini sejak 25 Juni hingga 4 Juli mendatang. ’’Stan ini kami gelar dalam rangka memperkenalkan produk baru dan untuk aktivasi program baru kami, yakni Ovi Mail dari Nokia,” ujar Rahma selaku promotor Nokia kemarin (28/6). Selama masa promo tersebut, Nokia juga menawarkan berbagai merchandise menarik. Yakni berupa bolpoin cantik, bagpack, serta slingbag untuk customer yang da-

tang melakukan aktivasi. ’’Syarat untuk bisa mendapatkan merchandise tersebut adalah melakukan pembelian Nokia dalam masa 25 Juni hingga 4 Juli di counter mana pun di seluruh Bandarlampung. Kemudian melakukan aktivasi semua komunitas favorit Anda secara gratis,” ungkap Fajar Nurwijaya sebagai supervisor Visicom Jakarta (event organizer yang bekerja sama dengan Nokia, Red). Produk terbaru yang ditawarkan, antara lain, Nokia tipe C3. Dengan tiga warna yang tersedia, yakni pink, hitam, dan cokelat muda, C3 dilengkapi beberapa fitur canggih. Yakni kamera 2 MP, TFT display 2.4", resolusi layer 320 x 240 pixels, 262

ribu warna, support WLAN, memory card Micro-SD, hot swappable, up to 8GB, SMS seperti chatting, radio FM digunakan dengan headset yang compatible, serta Ovi Store. Sedangkan fitur jejaring sosial yang dapat diakses menggunakan handphone ini di antaranya Yahoo Mail, Twitter, Google Talk, Ovi Nokia, Windows Live Messenger, Yahoo Messenger, Facebook, G Mail, serta Windows Live Hotmail. ”Kami juga menyediakan dua handphone Nokia C3 untuk counter yang melakukan penukaran lima kartu garansi dengan satu kupon. Pengundian akan dilakukan pada tanggal 4 Juli mendatang,” tutup Fajar. (okj/wan)

KAWASAKI BOCORKAN FITUR NINJA 400R

Dibanderol Rp65,6 Juta JAKARTA - Produsen motor Kawasaki sedang bersiap membuat model terbaru dari motor sport andalannya yakni Ninja dengan kapasitas mesin 400 cc. Tetapi, berapakah kira-kira banderol harga yang akan dikenakan untuk motor anyar tersebut? Di Kanada, pabrikan yang identik dengan warna hijau tersebut bakal membanderol Kawasaki Ninja 400R untuk model 2011 dengan harga 7.499 dolar Kanada atau sekitar Rp65,6 juta. Itu pun harganya masih tanpa pajak. Kawasaki Ninja 400R sendiri merupakan pelengkap Ninja Series yang kini beredar di dunia. Seperti diketahui, saat ini Kawasaki memasarkan Ninja dengan tipe-tipe se-

perti Ninja 250R, 500R, 650R, ZX6R, ZX-10R, dan ZX-14. Berbekal mesin berkapasitas 399 cc yang digendongnya, Ninja 400R seolah-olah merupakan jawaban bagi para penggila motor sport di dunia. Sebab, saat ini ada beberapa pencinta Ninja menganggap Ninja 250R yang saat ini beredar terlalu kecil kapasitas mesinnya, sedangkan Ninja 650R malah dianggap terlalu besar. Nah, di sinilah peran Ninja 400R sebagai jembatan pencinta roda dua dunia yang ingin sebuah motor yang menggendong kapasitas mesin ’’tanggung”. Mesin yang menggunakan transmisi 6 percepatan dengan sist e m

pembakaran fuel injection, DOHC, 8 valves ini diklaim mampu menghela tenaga hingga 43 PS pada putaran 9.500 rpm dengan torsi yang mencapai 37 Nm di 7.500 rpm. Dengan kemampuan tersebut, Ninja 400R pun didaulat sebagai jawaban bagi mereka yang menganggap Ninja 250R terlalu kecil kapasitasnya untuk ukuran sebuah motor sport namun juga menganggap Ninja 650R terlalu besar bagi mereka. Kemampuan Ninja 400R itu makin mentereng dengan daya cengkeram rem yang diaplikasi di motor yang memiliki warnawarna pilihan seperti lime green/flat super black, metallic spark black/flat super black ini. (wan)

Acer Perluas AS Larang Keretek, Segmen Devisa USD240 Juta Hilang Konsumen BANDARLAMPUNG - Produsen IT berebut pasar konsumen dari segmen perguruan tinggi, khususnya kalangan mahasiswa. Acer Group Indonesia, yang menyadari tingginya kebutuhan komunitas kampus tersebut terhadap jaringan internet untuk kegiatan sehari-hari, pun merilis produk baru. Yang diharapkan bisa membantu mendongkrak total penjualan tahun ini lebih dari 50 persen dari 2009. ’’Pengguna internet saat ini menunjukkan tren yang cukup signifikan. Dan untuk mereka, kami telah mengeluarkan jenis komputer dengan prosesor baru Intel Core I,” ungkap Public Specialist Commercial Acer Group Indonesia Munir Werlin seusai jumpa pers go faster roadshow di aula kampus STIE Perbanas Surabaya kemarin (28/6). Dengan spesifikasi baru tersebut, performa produk Acer diklaim lebih cepat dan pintar sehingga cocok digunakan kalangan mahasisiwa. Program go faster sendiri sudah dilakukan di Jogjakarta dan Semarang. Serta akan disusul Bandung dan Jakarta. ’’Kami bersama Intel memberi edukasi kepada para pengguna PC di Surabaya,” kata dia. Diharapkan dengan pengetahuan teknologi informasi dan implementasi yang tepat akan memberi manfaat bagi segmen pendidikan. Sebab mampu meningkatkan kualitas individu, efisiensi, serta daya saing. Penetrasi ke komunitas kampus ini dilakukan Acer untuk mendongkrak pangsa pasar. Helmy menyatakan, berdasarkan riset Gardner, tiap tahunnya pertumbuhan IT di tanah mencapai 20 persen. Bahkan, Acer mampu tumbuh hingga 50 persen pada tahun lalu. ’’Acer sudah lima tahun menjadi market leader di Indonesia. Tahun lalu, pertumbuhan PC versi riset Gardner mencapai 60,9 persen dengan market share 25 persen. Untuk notebook 75,6 persen dan market sharenya 36 persen,” terangnya. Dan dengan melihat pertumbuhan di awal tahun serta produk baru, maka pertumbuhan Acer 2010 diprediksikan mencapai lebih dari 50 persen. Berdasarkan data Gartner Inc., selama 2009 Acer Indonesia mencetak peningkatan pertumbuhan bisnis year on year sebesar 60,9 persen untuk total PC. (jpnn/wan)

JAKARTA - Larangan ekspor rokok keretek dari Indonesia ke Amerika Serikat (AS) menjadi perhatian serius. Pasalnya, jika larangan ini diikuti negara-negara lain, maka devisa bernilai ratusan juta dolar AS (USD) terancam hilang. Direktur Pemeriksaan dan Pencegahan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Frans Rupang mengatakan, ekspor rokok RI memang langsung anjlok begitu AS melarang dilakukannya ekspor rokok keretek ke Negeri Paman Sam tersebut. Akibatnya, devisa dari ekspor rokok yang setiap tahunnya mencapai USD240 juta pun ikut anjlok. ’’Dengan adanya larangan (ekspor) itu, maka devisa terancam hilang,” ujarnya di kantor Bea dan Cukai Halim Perdanakusuma kemarin (28/6). Seperti diwartakan sebelumnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan atau US Food and Drug Administration (USFDA) sejak September 2009 lalu melarang peredaran rokok keretek berbahan baku cengkih. Alasannya, cengkih pada rokok dikategorikan sebagai produk aromatik yang dilarang penggu-

naannya. Sebab, kandungan aromatik tersebut bisa memicu ketertarikan anak-anak untuk merokok. Meski demikian, pemerintah Indonesia menilai tindakan AS merupakan bentuk standar ganda dan diskriminatif. Sebab, produk rokok yang mengandung menthol ternyata tidak dilarang. Padahal, cengkih dan menthol sama-sama masuk golongan aromatik. Frans mengatakan, dari total devisa USD240 juta tersebut, porsi terbesar memang didapat dari ekspor rokok keretek ke AS. ’’Saya tidak ingat angka pastinya (nilai ekspor rokok ke AS). Tetapi yang jelas, angka ini meresahkan eksporter rokok, terutama yang besar-besar,” jelasnya. Menurut Frans, ekspor rokok keretek dari Indonesia ke beberapa negara lain memang masih berjalan lancar. Wilayah yang selama ini menjadi sasaran ekspor rokok RI, antara lain, kawasan Timur Tengah dan Eropa. ’’Tetapi, yang terbesar memang (ekspor ke) AS. Yang kita khawatirkan kalau negara-negara lain ikut-ikutan (melarang),” terangnya. (jpnn/wan)

FOTO OKTA KUSUMA JATHA

MAKIN EKSIS: Di tengah ketatnya persaingan beberapa merek handphone, Nokia tetap memberikan inovasi baru.

Layanan Perbankan Syariah di IIMS 2010 BANDARLAMPUNG - Sebagai sponsor utama Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010 yang berlangsung 23 Juli-1 Agustus, iB (ai-Bi) perbankan syariah akan hadir dengan membawa konsep Family-Friendly Motor Show dan iB Showcase. Yakni IIMS merupakan ajang yang nyaman dinikmati oleh semua anggota keluarga dan one stop shopping layanan perbankan syariah. ’’Para pengunjung akan dengan mudah menemukan semua kebutuhan produk dan jasa perbankan di stan iB Showcase di Hall D4,” kata ketua penyelenggara IIMS 2010 Johnny Darmawan. Sembilan bank syariah terkemuka yang didukung oleh Bank Indonesia akan hadir di IIMS 2010. Yakni Bank Syariah Mandiri, CIMB Niaga Syariah, Bank Muamalat Indonesia, Danamon Syariah, BNI Syariah,

BRI Syariah, BCA Syariah, HSBC Amanah, dan Bank Syariah Bukopin. Kesembilan bank syariah tersebut akan siap melayani pengunjung dengan beragam produk dan layanan iB. Seperti fasilitas pembiayaan kepemilikan kendaraan bermotor KKB iB yang ringan dan menguntungkan, pembiayaan modal kerja dan investasi termasuk untuk sektor otomotif/transportasi, mobile banking dan internet banking, kartu kredit iB, KPR iB, tabungan, deposito, serta layanan wealth management (pengelolaan keuangan). iB Juga menyediakan 3 unit mobile banking dan mesin ATM di dalam area IIMS untuk membantu kebutuhan pengunjung akan uang tunai. Selain layanan perbankan syariah yang lengkap, di iB Showcase, pengunjung juga akan menemukan beragam program bagi seluruh ang-

gota keluarga. iB Showcase for Kids yang digelar setiap pagi di hari Sabtu dan Minggu didedikasikan bagi segmen anak-anak. Antara lain lomba mewarnai bersama, dongeng anak, sulap, penyanyi cilik dan pemusik/band cilik, serta dipandu oleh artis yang sangat bersahabat dengan anak-anak. Tersedia juga Kids Area di stan iB Showcase, yang akan memanjakan anak-anak dengan iB Games dan berbagai permainan. Sementara itu untuk segmen keluarga, iB Showcase for Family akan menghadirkan talkshow santai di sore hari. Topiknya yakni obrolan yang ringan tetapi bermanfaat seputar perencanaan keuangan keluarga, success story pengusaha bersama bank syariah, tema-tema seputar keluarga, serta hiburan sore hari berupa musik akustik serta vokalis jaz ternama. Di malam hari, iB Showcase Music akan

menghadirkan ambience light music dan jazz night yang mengiringi obrolan ringan seputar produk-produk iB perbankan syariah. iB Showcase Community juga menggandeng berbagai komunitas untuk ikut menyemarakkan IIMS 2010 melalui beragam kegiatan. Bagi kaum muda, iB Showcase akan menampilkan pentas musik di music corner outdoor, lomba aransemen jingle iB, dan lomba graffiti. Sementara bagi komunitas hobi, iB Showcase akan menggelar reli mobil ’’Smart Driving with Smart Banking” dan lomba irit bahan bakar, lomba iB Blogger Competition yang akan diikuti 1.000 bloggers, serta live broadcast & report. Lalu lomba foto nasional iB bertema ’’Kerja Keras” yang terbuka bagi wartawan dan masyarakat umum, lomba foto kegiatan iB di IIMS 2010k. (wan)


BERITA UTAMA

4

SELASA, 29 JUNI 2010

Jawa Pos News Network

Anggaran Kemendiknas tak Layak FOTO MUHAMAD ALI/JPNN

SEPAKAT REKONSILIASI: Wasekjen DPP PKB Sukabumi Helmi Faisal Zaini (tengah), anggota Dewan Syura DPP PKB Kalibata K.H. Maman Imanulhaq (kanan), dan Ketua DPP PKB Kalibata Muamir Muin Sjam bersiap memberi keterangan pers di kantor PBNU, Jakarta, kemarin (28/6). Fungsionaris DPP PKB Kalibata dan Sukabumi bersepakat untuk melakukan rekonsiliasi secara menyuluruh.

Tuding Pansel Punya Motif, Mantan Ketua TPF Munir Mundur JAKARTA – Hari pertama Pansel Pimpinan KPK mengumumkan 145 nama calon yang lolos seleksi administrasi, tidak hanya komplain berdatangan dari mereka yang tidak lolos. Salah satu calon yang dinyatakan lulus seleksi awal, justru memilih mengundurkan diri dari bursa calon pimpinan KPK. Mantan Ketua Tim Pencari Fakta (TPF) kasus Munir, Brigjen Pol. (purn.) Marshudi Hanafi mantap mundur dari pencalonan. Alasannya, Pansel Pimpinan KPK dinilai tidak konsekuen dengan waktu pendaftaran yang diperpanjang hingga pukul 00.00 WIB, 14 Juni silam. Kemarin (28/6), Marshudi mendatangi gedung Kemenkum dan HAM untuk menyampaikan surat pengunduran dirinya. ’’Saya menarik diri. Sebab, saya merasa panitia ini (Pansel KPK) badutbadutan. Sudah ada time schedule. Kalau lewat pukul 16.00, di-

nyatakan gugur. Kenapa kemudian Patrialis (Menkum dan HAM Patrialis Akbar) bilang pukul 00.00 (diperpanjang pukul 00.00). Kalau mau cari bibit (calon pimpinan KPK) yang ideal harus tegas,” papar Marshudi. Dia juga mengaku keberatan dengan keputusan Pansel Pimpinan KPK untuk memperpanjang masa pelengkapan berkas hingga lima hari. Sehingga, jadwal seleksi administrasi juga ikut mundur. Menurut Marshudi, keputusan Pansel KPK untuk memperpanjang masa pendaftaran, memiliki motif tertentu. Dia menilai, Pansel KPK seolah ingin menggolkan calon tertentu. ’’Ada apa ini, katanya harus konsekuen dan tidak pandang bulu. Seenaknya saja Patrialis memperpanjang waktu. Mungkin kelompok yang dia (Patrialis) giring belum lengkap, jadi sengaja diperpanjang,” tegas Marshudi dengan nada tinggi. Ketika ditanya soal pengun-

duran dirinya terkait dengan ketatnya persaingan, Marshudi langsung membantah. Dia menegaskan, sebagai calon dirinya siap bersaing dengan siapa saja. “Saya tidak takut dan sudah siap bersaing. Tapi, kalau idealis, saya mau independen dari pembibitan ini,” tambahnya. Kekecewaan Marshudi tersebut tidak hanya dibuktikan dengan pengunduran dirinya. Dia juga meminta Indonesian Corruption Watch (ICW) untuk membentuk tim independen. Tujuannya, untuk menyelidiki masalah perpanjangan waktu pendaftaran yang dinilai janggal oleh Marshudi. ’’Saya minta ICW bentuk tim independen. Saya ingin masalah perpanjangan itu dicek ICW,” imbuhnya. Sementara itu, pihak Pansel Pimpinan KPK belum akan menanggapi soal pengunduran diri Marshudi Hanafi. Namun menanggapi alasan pengunduran diri,

Malaysia Minati Investasi Energi JAKARTA – Wakil Presiden Boediono menerima kunjungan kehormatan Wakil Perdana Menteri Malaysia Tan Sri Muhyiddin Yasin di Istana Presiden, Jakarta, kemarin (28/6). Kunjungan yang dilanjutkan jamuan makan siang di rumah dinas wapres tersebut mendiskusikan peluang investasi, ketenagakerjaan, dan kerja sama pendidikan. Wapres didampingi Mendiknas M. Nuh dan Wakil Menteri Luar Negeri Triyono Wibowo. Juru Bicara Wapres Yopie Hidayat mengatakan, Malaysia berminat untuk menenam modal di bidang listrik, kelapa sawit, dan sejumlah bisnis lain. Malaysia juga menanyakan arah fokus perindustrian Indonesia di masa mendatang. Sebab, Malaysia

kini membutuhkan energi yang besar. Negeri Jiran tersebut menawarkan untuk bersama-sama mengembangkan energi. ’’Pembangunan pembangkit listrik di Sumatera, kalau bisa sebagian diekspor ke Malaysia,” kata Yopie. Yopie mengatakan, Malaysia berminat investasi di bidang listrik, kelapa sawit, dan usaha lain-lain. Selain listrik, Malaysia juga berminat untuk investasi di sektor pertambangan. Malaysia juga ingin memperluas lahan kelapa sawit. ’’Mereka bertanya apakah perizinan untuk perluasan lahan sawit itu bisa dilakukan di pusat. Tentu jawaban wapres adalah kalau di Indonesia itu bergantung

daerah,” katanya. Pemerintah pusat tidak bisa memutuskan izin atas sekian ribu hektare lahan sawit. Sebab, daerah memiliki rencana tata ruang dan wilayah yang baru dibahas. ’’Indonesia memiliki kelemahan untuk itu,” ungkapnya. Pertemuan kedua pemimpin negara tersebut juga membahas MoU (memorandum of understanding) tentang ketenagakerjaan yang hingga kini belum rampung. Masih ada satu pasal yang belum disepakati. Yakni mengenai upah minimal tenaga kerja. ’’Malaysia ingin lebih reasonable,” ucapnya. Kedua pemimpin optimistis, MoU tersebut segera bisa diselesaikan. ’’MoU segera ditandatangani,” tandas Yopie. (jpnn/ade)

Dukung Artis Berperilaku Positif JAKARTA – Jenny Rachman mengaku tidak nyaman jika masyarakat menjustifikasi bahwa artis identik dengan perilaku negatif. Ketua Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) itu meminta seluruh pekerja seni untuk berperilaku positif di mana saja. ’’Ini terlepas ada atau tidaknya korban pelecehan seksual dari kalangan artis,” ujar artis kelahiran 18 Januari 1959. Menurut Jenny, pihaknya hanya mengimbau seluruh kalangan artis untuk berhati-hati dan menjaga diri sebagai public figure. Hanya, dia merasa risih jika

masyarakat menyamaratakan seluruh artis di Indonesia melakukan hal-hal negatif dalam dunia keartisannya. ’’Tidak bisa begitu. Masih banyak contoh artis yang baik lain,” tandasnya usai menghadiri sosialisasi UU Pornografi di Kantor Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PP dan PA) kemarin. Semakin majunya teknologi, katanya, menuntut semua pihak mawas diri. Tidak melakukan halhal yang dianggap bisa mencemarkan nama baik diri sendiri maupun keluarganya.

Oleh karena itu, perempuan berdarah Aceh dan TionghoaMadura sangat mendukung agar UU Pornografi dan UU Perfilman dapat direalisasikan sejalan. Dia berharap dengan diaturnya dunia perfilman, dapat membawa dampak negatif bagi masyarakat khususnya anak-anak. Jenny juga mengaku, terus berupaya akan mengayomi artis dalam organisasinya. Parfi, ia mengungkapkan, lebih membangun pembinaan secara agama. Tidak saja moral yang dibangun, tapi pekerja seni itu juga mampu mengasah spiritualnya. (jpnn/ade)

Anggota DPR Polisikan FPI JAKARTA – Ketua Komisi IX DPR Ribka Tjiptaning datang ke Bareskrim Mabes Polri kemarin (28/6). Penulis buku Aku Bangga Jadi Anak PKI itu melaporkan Front Pembela Islam (FPI) dan sejumlah ormas lainnya. Mereka dituding Ribka mengganggu acara komisi IX di Banyuwangi, Jawa Timur, 24 Juni 2010. ’’Mereka menghalang-halangi tugas saya sebagai anggota DPR,” ujar Ribka usai melapor di Bareskrim Polri kemarin. Ia juga sempat menemui Kapolri Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri di kantornya. Ia pun berencana melaporkan Kapolres Banyuwangi atas dugaan pembiaran aksi massa itu. Berdasar laporan polisi nomor

240/VI/2010 FPI dan sejumlah ormas dilaporkan dengan dugaan Pasal 211, 212, 214 KUHP tentang Kejahatan terhadap Penguasa. Selain itu, mereka juga dilaporkan pasal 335 dan 336 KUHP. ’’Tugas saya sebagai anggota dewan. Menerima aspirasi dari masyarakat. Kalau saya saja sebagai anggota DPR seperti ini, bagaimana yang lain,” katanya. Terkait laporan ini, polisi mengaku sudah melakukan pemeriksaan internal terkait tuduhan pembiaran. Kadivhumas Mabes Polri Irjen Edward Aritonang. Menjelaskan, seharusnya ormas menghormati kaidah hukum yang berlaku. ’’Memang disayangkan kalau sampai main hakim sen-

diri,” ujarnya. Menurut Edward, izin acara itu tidak di lokasi yang digunakan Ribka. ’’Sebenarnya sudah ada izin, tapi bukan di tempat itu, tapi tempat lain,” katanya. Gugatan terhadap eksistensi FPI juga datang dari kaukus pancasila parlemen yang beranggotakan sejumlah anggota DPR dan DPD. Mereka kemarin mengutuk keras terus berulangnya praktik anarkis yang dilakukan FPI. ’’Kami meminta pengadilan bisa menetapkan gerombolan berjubah itu sebagai organisasi terlarang,” kata anggota DPR dari Fraksi PDIP Eva Kusuma Sundari saat memberi keterangan kepada wartawan. (jpnn/ade)

Sekretaris Pansel Pimpinan KPK Achmad Ubbe membantah bahwa waktu pendaftaran diperpanjang. ’’Yang diperpanjang itu bukan waktu pendaftaran, tapi kita hanya memberikan kesempatan kepada orang yang sudah mendaftar untuk melengkapi,” papar Ubbe ketika dihubungi kemarin. Ia melanjutkan, Pansel KPK belum akan membuat tanggapan resmi atas pengunduran diri Marshudi Hanafi. Sebab, pansel belum menggelar rapat resmi. ’’Nanti akan dirapatkan dahulu dengan anggota Pansel yang lain,” imbuhnya. Selain masalah pengunduran diri, Pansel KPK juga telah menerima sejumlah komplain dari calon yang dinyatakan tidak lolos. ’’Kebanyakan mereka komplain karena masa kerjanya katanya tidak dinilai pansel. Tapi data mereka tidak didukung dokumen resmi. Jadi ya digugurkan,” pungkas Ubbe. (jpnn/ade)

JAKARTA – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI memberikan opini tidak menyatakan pendapat (TMP) pada laporan keuangan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tahun anggaran 2009. Tidak hanya itu. BPK juga mencurigai penyalahgunaan anggaran yang cukup besar pada Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas). Kepala BPK RI Rizal Djalil mengungkapkan, ada beberapa catatan pada hasil audit laporan keuangan Kemenkes tahun lalu. Di antaranya penggunaan anggaran Rp1,2 triliun yang dicairkan untuk pembelian aset. ’’Baik aset bergerak maupun tidak,” ujar Rizal saat menyampaikan laporannya di kantor Kemenko Kesra kemarin. Menurutnya, anggaran tersebut tidak diyakini keabsahannya. Tak hanya itu. Rizal menyatakan, BPK juga menemukan pengelolaan dana hibah Rp500 miliar yang tidak sesuai mekanisme. Terakhir, BPK mencatat anggaran pengadaan obat dari Kemenkes Rp231 miliar yang juga meragukan BPK. ’’Katanya obat itu disimpan di gudang rekanan,” ucapnya. Mantan angota DPR itu menambahkan, tengarai penyalahgunaan keuangan juga terjadi pada Kemendiknas. Dia mengatakan, Kemendiknas tidak paham terhadap tahun anggaran. Pasalnya meski tahun anggaran sudah tutup, Kemendiknas masih menyimpan uang Rp80 miliar di bank. ’’Itu terjadi di Jawa Timur,” ungkapnya. Rizal mengungkapkan, seharusnya anggaran tersebut digunakan sesuai program kegiatan yang sudah direncanakan sebelumnya. Namun, hingga akhir

tahun Kemendiknas masih menyimpannya di bank. ’’Padahal harusnya semua dana sudah cair sebelum 31 Desember,” paparnya. Untuk menentukan ada atau tidaknya korupsi dalam laporan keuangan lembaga di bawah koordinasi Kemenko Kesra, Rizal mengaku perlu melakukan investigasi terlebih dahulu. Menurutnya, dengan memberikan opini ini akan menjadi evaluasi terhadap laporan keuangan di tingkat lembaga/kementerian. Rizal menerangkan, jika memang pada akhirnya ditemukan indikasi korupsi, pihaknya akan melaporkannya pada KPK untuk ditindaklanjuti. ujarnya, opini tersebut berdasar ketentuan tertentu. Termasuk kesesuaian penyajian, standar kepatutan UU, kecukupan pengungkapan laporan, dan efektivitas hasil laporan. ’’Bukan se-

suatu yang dirapatkan. Bergantung apa yang dibuat saja,” terangnya. Dari hasil opini yang disampaikan BPK terdapat dua di antara 15 lembaga di bawah koordinasi Kemenkokesra, yang mengantongi opini TMP. Yakni Kemenkes dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Sementara dari itu, enam lembaga/ kementerian lainnya mendapat opini WDP dan tujuh menerima opini WTP termasuk Kemenko Kesra, BKKBN, dan BPOM. Mendiknas M. Nuh mengungkapkan, akan mengecek langsung pada Disdik Provinsi Jatim. Hingga kemarin, pihaknya belum mengetahui pasti program apa yang belum direalisasikan sehingga tersisa anggaran Rp80 miliar di bank. ’’Kami belum bisa mengatakan ini korupsi. Harus kami selidiki dahulu,” jelasnya. (jpnn/ade)

LEMBAGA 1. Kemenko Kesra 2. Kemenkes 3. Kemendiknas 4. Kemensos 5. Kemenbudpar 6. Kemen PP dan PA 7. Kementerian Perumahan Rakyat 8. Kemenpora 9. BNPB 10. BPOM 11. BKKBN 12. Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal 13. Arsip Nasional RI 14. Perpustakaan Nasional 15. BPKP

OPINI WTP TMP WDP WDP WDP WTP WTP WTP TMP WDP WTP WDP WTP WDP WTP Sumber :BPK RI


BERITA UTAMA SELASA, 29 JUNI 2010

Kejagung Cekal Yusril JAKARTA – Kejaksaan Agung (Kejagung) telah menetapkan mantan Menteri Kehakiman dan HAM Yusril Ihza Mahendra dan pengusaha Hartono Tanoesoedibjo sebagai tersangka kasus korupsi biaya akses Sistem Adminisitasi Badan Hukum (Sisminbakum) Depkum HAM. Namun, penyidik tidak langsung memeriksa dua orang yang disebut sebagai pengambil kebijakan itu. Sebelum memeriksa dua tersangka tersebut Kamis (1/7), jaksa penyidik akan lebih dahulu memeriksa enam saksi. ’’Mulai Selasa besok (hari ini), kami memeriksa tiga saksi dan Rabu juga tiga orang. Kamis, baru kedua tersangka,’’ kata Direktur Penyidikan pada JAM Pidsus Arminsyah di Kejagung kemarin (28/6). Keenam saksi itu adalah Ismail Barmawi, John Sarodja Saleh, dan Ali Amran Djanah. Kemudian Gerald Yakobus, Romli Atmasasmita, dan Yohanes Waworuntu. Romli dan Yohanes sudah dinyatakan bersalah oleh pengadilan dalam kasus Sisminbakum itu. Arminsyah menjelaskan, penetapan tersangka Yusril dan Hartono merupakan hasil kajian dari tim penyidik. Selain itu berdasarkan hasil persidangan terhadap empat orang tersangka yang sudah diajukan ke pengadilan. Dia mengungkapkan, kedua tersangka itu dijerat dengan pasal 2, 3, dan 12 huruf e UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Ancaman hukuman sesuai undang-undang adalah pidana seumur hidup atau 20 tahun penjara. Namun, Arminsyah belum memastikan dilakukan penahanan terhadap Yusril dan Hartono usai menjalani pemeriksaan Kamis mendatang. ’’Yang jelas kami sudah mengajukan surat cekal,’’ katanya. Dalam kasus Sisminbakum, sebelumnya Kejagung sudah menetapkan lima tersangka. Empat di antaranya sudah menjalani persidangan. Yakni tiga mantan Dirjen Administrasi Hukum Umum (AHU), Romli Atmasasmita, Zulkarnaen Yunus, dan Syamsudin Manan Sinaga. Kemudian Dirut PT SRD Yohanes Waworuntu. Satu tersangka yang belum disidang adalah Ali Amran Djanah, mantan ketua koperasi Pengayoman. (jpnn/niz)

5

Jawa Pos News Network

PD Harus Lepas Andi Nurpati Hari Ini, KPU Gelar Sidang DK

FOTO JPNN

GAGALKAN PENYELUNDUPAN: Warga Iran, GMDI (26), mencoba menyelundupkan sabu-sabu seberat 445 gram dengan estimasi Rp900 juta di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (28/6).

Bukan Teroris, Warga Arab Kena 1,5 Tahun JAKARTA – Al Khelaiw Ali Abdullah alias Ali, warga negara Arab Saudi, akhirnya tak perlu lama mendekam di balik jeruji penjara. Itu setelah majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjatuhkan vonis 1,5 tahun penjara akibat melakukan pelanggaran keimigrasian. Yakni menyalahgunakan izin tinggal di Indonesia. Majelis hakim yang diketuai Ida Bagus Dwiyantara menilai, Ali tidak terbukti berperan sebagai penyandang dana peledakan Hotel J.W. Marriott dan Ritz Carlton, 17 Juli 2009. Putusan itu tak pelak disambut gembira Ali yang kemarin mengenakan kemeja batik cokelat. Begitu hakim menutup sidang, dia

langsung melakukan sujud syukur. ’’Terima kasih kepada majelis hakim dan pemerintah Indonesia. Pengadilan telah memutus sangat adil,’’ kata Ali yang dialihbahasakan penerjemahnya, Ahmad Jamaludin. Dalam putusannya, hakim menyatakan, Ali tidak terbukti dalam dakwaan pertama yakni melanggar pasal 13 huruf a UU Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme. Namun, dia terbukti bersalah sesuai dengan dakwaan kedua. Yakni pasal 50 UU Keimigrasian. ’’Membebaskan terdakwa Al Khelaiw Ali Abdullah alias Ali dari dakwaan pertama, dan menyatakan terdakwa bersalah dakwaan kedua,’’ kata Ida Bagus saat mem-

bacakan amar putusan di PN Jaksel kemarin (28/6). Hakim sependapat dengan jaksa bahwa terdakwa telah menyalahgunakan izin tinggal. Ali masuk ke Indonesia untuk keperluan kunjungan budaya atau visa turis. Namun, dia justru melakukan usaha dengan membuka warnet bersama Iwan Herdiansyah, warga Kuningan, Jawa Barat. Namun terkait dengan Rp2,2 juta yang diberikan Ali ke Syaifudin Zuhri, hakim berpendapat sebagai imbalan atas perannya menjadi penerjemah karena bisa berbahasa Arab. ’’Majelis tidak melihat ada kesengajaan pemberian uang kepada Syaifudin Zuhri terkait dengan tindak pidana terorisme,’’ ujarnya. Ali

juga tidak mengetahui bahwa Syaifudin Zuhri memiliki latar belakang tindak pidana terorisme. Kuasa hukum Ali, Asludin Hatjani, mengatakan, putusan hakim sesuai dengan keberatan yang pernah diajukan. Kliennya memang tidak memiliki kaitan dengan tindak pidana terorisme. Vonis bagi hakim itu jauh dari tuntutan yang diajukan jaksa penuntut umum. Sebelumnya, jaksa menuntut hukuman sembilan tahun penjara. Jaksa Feri Tas mengatakan, putusan tersebut sangat timpang dengan tuntutan jaksa. ’’Ancaman untuk pelanggaran keimigrasian saja diancam lima tahun penjara,’’ ungkapnya. (jpnn/niz)

JAKARTA – Anggota nonaktif Komisi Pemilihan Umum (KPU) Andi Nurpati akan menjalani sidang Dewan Kehormatan (DK) hari ini (29/6). Desakan agar DK menonaktifkan Nurpati dengan tidak hormat terus menguat. Selain itu, DPP Partai Demokrat (PD)didorong agar mengeluarkan Nurpati dari daftar kepengurusan DPP. ’’Sebaiknya PD memikirkan kembali untuk merekrut Andi (Andi Nurpati, Red),’’ kata Direktur Eksekutif Cetro Hadar Navis Gumay di kantor KPU kemarin. DK KPU kemarin mengadakan rapat internal. Lima anggota DK, Jimly Asshiddiqie, Komarudin Hidayat, Syamsulbahri, Endang Sulastri, dan Abdul Aziz, hadir dalam rapat perdana tersebut. Menurut Hadar, kasus yang menimpa Nurpati tidak bisa lepas dari peran PD. Sebagai partai modern, Demokrat tidak seharusnya dengan gampang merekrut anggota KPU yang masih aktif. Posisi itulah yang menimbulkan preseden buruk, termasuk kembali diungkitnya dugaan hubungan khusus PD dengan KPU dalam Pemilu 2009. ’’Seharusnya dia (Nurpati) dilepas saja (dari kepengurusan),’’ ujarnya. Jika menganggap Nurpati sebagai kader yang berkualitas, seha-

rusnya PD bisa lebih bersabar menunggu. Hal itu terkait rencana revisi UU No. 22/2007 yang pembahasannya sedang dipercepat DPR. Hadar mendorong penonaktifan Nurpati harus dilakukan DK dari berbagai sisi. Itu sesuai rekomendasi Bawaslu. Yakni, terdapat dua laporan dugaan pelanggaran kode etik oleh Nurpati. Selain dalam kepengurusan PD, Nurpati diduga turut andil dalam kisruh pilkada Tolitoli, Sulteng. ’’Semua kesalahan harus ditunjukkan,’’ ungkapnya. Rapat internal DK kemarin menyepakati sejumlah poin. Jimly ditunjuk sebagai ketua DK. Sekretaris DK diduduki Endang Sulastri. Untuk sidang kode etik terhadap Nurpati, DK sepakat melangsungkannya pada Selasa hari ini. ’’Besok (hari ini) pukul 16.00 (WIB),’’ ujar Jimly. Rapat DK, katanya, akan berlangsung terbuka. Nurpati bakal disidang kode etik dalam dua laporan dugaan pelanggaran. Yakni, dugaan mengeluarkan surat edaran tanpa landasan hukum dalam pilkada Tolitoli serta menjabat anggota KPU partisan. ’’Yang terperiksa wajib hadir dalam sidang nanti,’’ tegasnya. Sebab, DK harus mendengarkan keterangan langsung dari dua pihak. Bawaslu sebagai pihak yang merekomendasikan Nurpati ke DK akan menyampaikan data-data terkait. Nurpati juga diberi kesempatan untuk menyampaikan data informasi yang dimiliki. (jpnn/niz)

FOTO JPNN

BAHAS ANDI NURPATI: Ketua Dewan Kehormatan (DK) KPU Jimly Asshiddiqie (tengah) memberi keterangan didampingi anggotanya, Endang Sulastri (kiri) dan Komarudin Hidayat, usai pertemuan DK di Jakarta, Senin (28/6). Pertemuan tersebut membahas empat kasus KPU yang direkomendasikan Bawaslu untuk disidangkan, termasuk kasus terpilihnya anggota KPU Andi Nurpati sebagai pengurus Partai Demokrat.


OPINI

SELASA, 29 JUNI 2010

Deputy General Manager: Suprapto, Ibnu Khalid Presidium Redaksi: Ardiansyah, Suprapto, Taswin Hasbullah, Abdurrahman, Ade Yunarso, Nizwar, Ismail Komar, Purna Wirawan, Eko Nugroho, Adi Pranoto, E. Sajjah, Alam Islam, Hendarto, Irwansa, Abdul Karim, Senen, Ary Mistanto, Trufi Murdiani Staf Redaksi: Segan P.S., Widisandika, Nurlaila Yanti, Dina Puspasari, Syaiful Amri, Indah Sumaputri Wirahadikusumah, Taufik Wijaya, Eka Yuliana, Maria Ulfa. (Bandarlampung), Muhammad Ma’ruf (Metro), Dwi Prihantono, Zulkarnaen (Lamtim), Kohar Mega (Lampura), Edy Herliansyah, Agus Suwignyo (Tanggamus), Yusuf A,S. (Tulangbawang), Gede Putu Kristanto (Lamteng), Abdurahman (Lamsel), Hermansyah (Waykanan) Copy Editor: Rudy Saputra, Syaiful Mahrum Sekretaris Redaksi: Masriani Pracetak: Riswadi (Kabag), Ripto Piss, Helmi Jaya, Nopriyadi, Farabi Lincoln, Hendrawan Poerbantara Email: redaksi@radarlampung.co.id Homepage: www.radarlampung.co.id

Wakil Pemimpin Umum: Abdurrahman Pemimpin Perusahaan: Taswin Hasbullah Wakil Pemimpin Perusahaan: Purna Wirawan Pemasaran: Marlinda (Pj. Kabag), Hery, Agus, Supriyadi, Roby Junasari, Adi Irawan Iklan: Desti Mulyati (Kabag), Leny, Sochib, Adi, Nopy, Aspandar Nasution, dan Falma (Perwakilan Jakarta) Event Organizer (EO): Liris Vawina (Kabag) Keuangan: Sarri Octarini (Kabag), Anna Susanti (Kasir), Ipang (Akunting) Personalia dan Umum: Faradiba (Kabag), Aris, Didik S, Hary, Munadi BNI Cabang Tanjungkarang No. Rek. 007.149.0467 BCA Cabang Telukbetung No Rek 0200.721.799 Bank atas nama PT Wahana Semesta Lampung Penerbit: PT Wahana Semesta Lampung Komisaris Utama: Alwi Hamu Komisaris: Lukman Setiawan, H Mahtum Direktur Utama: Suparno Wonokromo Direktur: Ardiansyah Percetakan: PT Lampung Intermedia Pencetak: Budi S. (Kabag), Suparman, Z. Arifin, Pujianto, Jenianto, Alim, Joko Alamat: Jalan Sultan Agung No. 18 Kedaton, Bandarlampung, Telp. (0721) 789750-782306, Faks. (0721) 789752, 773930

ISI DI LUAR TANGGUNG JAWAB PERCETAKAN

TAJUK Menimbang Konfederasi Parpol GAGASAN Partai Amanat Nasional (PAN) soal format konfederasi partai politik (parpol) menarik untuk dicermati. Tujuan Ketua DPP PAN Bima Arya Sugiarto menawarkan model konfederasi, Indonesia mampu mencapai penataan koalisi yang lebih maju. Asumsinya, dengan diikat landasan hukum yang jelas, sifat koalisi atau konfederasi bisa lebih permanen. Jika melihat kecenderungan format koalisi parpol dalam dua periode terakhir, gagasan tersebut cukup menarik. Selama itu, koalisi parpol mewujud dalam tiga peristiwa penting. Pertama, koalisi menjelang pemilu presiden. Kedua, koalisi menjelang pilkada. Ketiga, koalisi untuk mendukung rezim politik pemenang pasca pilpres. Dua format pertama hanyalah koalisi ’’papan peluncur’’. Sedangkan format terakhir hanyalah koalisi berbasis transaksi politik. Keduanya jelas menyimpan kelemahan serius. Puncak kelemahan format koalisi parpol itu adalah ketidakefektifan dan ketidakstabilan pemerintahan serta konspirasi elite yang dominan di setiap parpol sehingga meminggirkan kepentingan publik. Jika merujuk model Malaysia, konfederasi politik yang digagas Bima Arya dkk. itu memang bisa menjadi jalan keluar yang menarik. Format koalisi sebelum pemilu dan pilkada jelas memiliki kelemahan mendasar yang terkait dengan fungsi dan dampaknya bagi kelangsungan kinerja rezim politik pemenang. Begitu pula koalisi pasca pemilu, sebagaimana yang kini dipraktikkan melalui Sekber –kemudian menjadi Setgab– Koalisi. Koalisi pasca pemilu tersebut juga rentan akan transaksi politik di luar mekanisme elektoral. Bila mengacu model konfederasi politik UMNO di Malaysia, koalisi itu memiliki keunggulan utama. Yaitu, daya ikatnya yang permanen. Sebagaimana yang kita saksikan, kekuatan UMNO yang dimotori Barisan Nasional, yakni United Malays National Organization (UMNO), Malaysian Chinese Association (MCA), dan Malaysian Indian Congress (MIC), terbukti mampu menjadi penopang rezim politik dengan lebih stabil dan efektif dalam menjalankan pemerintahan. Model konfederasi politik itu juga memiliki sejumlah kelemahan mendasar. Kelemahan utama terkait dengan kecenderungan arah perkembangan model demokrasi di negeri ini. Malaysia jelas menganut pseudo democracy. Tentu, paham itu berbeda dengan acuan Indonesia yang telah bergerak jauh ke arah liberal democracy berbasis pada pemilu langsung. Faktor-faktor itu tentu sangat subjektif dan cenderung menguntungkan para parpol anggota konfederasi yang berkuasa daripada yang tidak. Akibatnya, diskriminasi politik sangat potensial dilakukan mereka yang berkuasa. Risiko terburuk model konfederasi politik tersebut adalah menguatnya model otoritarianisme baru yang berbasis konfederasi. (*)

9

Kala Kandidat Komitmen Kembangkan Seni Budaya PARA kandidat wali kota/wakil wali kota Bandarlampung berjanji mengembangkan seni budaya di daerah ini. Kesepakatan para kandidat tanpa bersepakat lebih dahulu itu mencuat saat Debat Kandidat Wakil Wali Kota yang ditayangkan Radar TV. Meski dianggap ’’terlambat’’, setidaknya hal tersebut sebagai bukti kepedulian pemkot atas nasib seni budaya yang nyaris tak terurus. Hanya, statement para wakil wali kota Bandarlampung dalam debat itu tidak dibarengi kontrak politik. Sehingga bukan tidak mustahil setelah mereka jadi orang nomor satu dan dua di kota ini, janji ketika kampanye bisa saja tidak dipenuhi. Alasannya, masih banyak pembangunan di Bandarlampung yang sangat mendesak dibandingkan program pengembangan seni budaya –apalagi di dalamnya adalah pariwisata. Terlalu banyak pengembangan seni budaya di kota Bandarlampung yang selama kurang disentuh pemerintah. Kampung budaya yang ada di Kotakarang, Gedungpakuon, Rajabasa, Kampungsawah, dan lainnya kurang diurus. Betapa banyak perkampungan yang masih mempertahankan nilai-nilai seni budaya. Seperti rumah-rumah panggung khas Lampung yang nyaris ambruk karena tidak ada bantuan pemeliharaan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandarlampung. Belum lagi sanggar-sanggar seni ataupun komunitas kesenian yang pernah tumbuh di kota ini lalu hanya tinggal papan nama. Pemkot Bandarlampung hanya memperhatikan satu atau dua sanggar, yang notabene dibina orang-rang dekat wali kota. Sanggar seni inilah yang

kemudian kerap ditunjuk untuk ke luar daerah –bahkan luar negeri– dengan mengatasnamakan ’’demi misi’’ memperkenalkan seni budaya daerah Lampung. Padahal, Bandarlampung memiliki Dewan Kesenian (DK). Sayangnya, sampai kini yang saya ketahui sangat minim anggaran yang dikucurkan APBD Bandarlampung. Sehingga, DKBL (Dewan Kesenian Bandarlampung) bagai hidup tanpa gizi. Program DKBL sebagai katalisator dan dinamisator pemkot menjadi tak berarti. Gurauan seniman di kota ini atas nasib DKBL bagai ’’hidup segan matipun tak hendak’’ seperti pas disematkan. Sementara kehidupan seni budaya di Bandarlampung sangat berpotensi. Hanya, potensi itu tidak digali dan dikembangkan. Akibatnya, potensi seni budaya hanya ada di kabupaten-kabupaten lain. Sebagai ibu kota Provinsi Lampung, seniman tumplek di Bandarlampung. Begitu pula para budayawan, juga ada di Bandarlampung. Misalnya MPAL (Majelis Penyimbang Adat Lampung), pusatnya di kota ini. Demikian pula di kota ini ada Dewan Kesenian Lampung. Kota Bandarlampung bahkan kini sudah menghilangkan cirinya sebagai pusat dari Provinsi Lampung. Di pusat perkotaan, sulit kita mendapati banguan yang menjadi ikon Lampung. Demi pembangunan yang cenderung ingin menjadi metropolis, banyak bangunan khas dan sudah menjadi ikon kota ini dihancurkan. Kota ini pun tumbuh banyak pusat perbelanjaan modern dan rumah toko (ruko). Bahkan, ruko sudah menyebar hingga mendekati pinggiran kota. Sementara kekhasan kota ini, hanya ditandai

Oleh Isbedy Stiawan Z.S. Seniman Lampung

patung sepasang pengantin adat di simpang tiga Jalan Dipnegoro–Dr. Susilo dan Ahmad Yani–Kartini– Wolter Monginsidi. Pengembangan seni budaya yang disepakati calon wakil kotawakil wali kota, sebetulnya bukan kesenian dalam pengertian tarian dan musik tradisional. Tetapi, kebudayaan sebagaimana dirumuskan Kuntjoroningrat. Yaitu termasuk di dalamnya adalah bahasa dan mata pencarian. untuk bahasa, apakah calon wali kota/wakil wali kota sudah berkomitmen akan mengembangkan bahasa daerah (Lampung). Setidaknya dimulai dari tingkat sekolah. Untuk itu, diperlukan pengajar yang khusus mata pelajaran bahasa daerah. Kemudian menyosialisasikan bahasa daerah ke masyarakat lewat media massa atau penerbitan khusus. Ini baru ihwal bahasa. Kemudian mata pencarian. Apakah para kandidat yang nantinya terpilih menjadi wali kota/wakil kota pasca 30 Juni 2010, juga sudah punya komitmen memperkecil antre para generasi muda di loket tenaga kerja. Kenyataannya, pemerintah seperti hendak mengubah cara masyarakat dalam mencari mata pencarian. Sebagai contoh, kekhawatiran masyarakat nelayan di pesisir pantai oleh sebab program water front city. Belum lagi mata pencarian para pengusaha lemah yang mengharap hidup dari kaki lima. Hari-harinya

senantiasa dicekam ancaman penggusuran. Saya meragukan komitmen tanpa dibarengi kontrak politik dari para kandidat pilkada kota Bandarlampung mengenai pengembangan seni budaya (dan pariwisata). Nantinya, hanya berhenti sebagai jargon politik di arena kampanye. Masyarakat seni budaya tidak punya kekuatan untuk menagih janji. Lalu seperti juga sebelum-sebelumnya, kehidupan seni budaya di Bandarlampung dibiarkan matisuri. Kesenian pula, sekali lagi bukan hanya urusan tari-tarian. Tari-tarian juga bukan melulu tari tradisional seperti Sigeh Penguten, Melinting, dan seterusnya. Tari kreasi dan tari kontemporer juga punya hak hidup. Begitu pula seni musik. Para seniman musik kreatif pun mesti dikembangkan. Belum lagi film, seni sastra, rupa, ataupun teater. Kalau Pemkot Bandarlampung mampu ’’menerbangkan’’ para seniman binaan Disbudpar ke Festival Tong Tong di Belanda, konsekuensinya pemkot juga tak keberatan memberikan bantuan bagi sanggar/komunitas seni lainnya yang diundang ke luar Bandarlampung karena kreativitasnya. Tegasnya, seni budaya bukan hanya diukur dari senitari. Sanggar seni yang ‘diakui’ pemkot, juga bukan hanya yang dibina oleh isteri wailota atau Disbudpar. Sanggarsanggar (komunitas) seni yang tumbuh di luar linggakaran pemerintah, seperti di Pasar Seni Enggal, di halaman Taman Budaya Lampung, di rumah-rumah kontrakan, serta individu-individu seniman sejatinya mendapat perhatian pemerintah untuk dikembangmajukan. Oleh sebab itu, sebagai masuk-

an bagi kandidat yang terpilih menjadi wali kota/wakil kota perlu komitmen regulasi anggaran bagi pengembangan seni budaya. Tanpa itu, pengembangan kesenian hanya temporer. Boleh dipikirkan, pada waktu lain bisa saja diabaikan. Ini pula yang terjadi terhadap nasib DKBL, yang konon 2010 tak jelas anggarannya. Harapan saya tidak muluk-muluk kepada wali kota/wakil wali kota terpilih nanti. Cukuplah meregulasi anggaran bagi kesenian. Dengan cara mengucurkan kembali dana untuk DKBL. Selain itu, Disbudpar Bandarlampung bertanggung jawab hidup-matinya sanggarsanggar (komunitas) yang selama ini terbukti kreativitasnya. Instansi itu juga bertanggung jawab pada potensi pariwisata di kota ini, yang selama ini dibiarkan semrawut dan tak tertata. Salah satu contoh, pasar seni, hutan monyet, terowongan yang ditengarai benteng peninggalan kolonial yang membentang dari kawasan Hotel Hartono hingga SMAN 2 Bandarlampung. Bahkan, sebenarnya, kalau pemkot kreatif ,bisa membuat reflik Batuserampok yang ceritanya kini hanya abadi dalam cerita yang dikarang Motinggo Busye dan beberapa puisi yang ditulis penyair Lampung. Termasuk pula kapal yang terdamnpar di kawasan Sumurputri karena letusan Gunung Krakatau 1883 dan kini sudah tak berbekas lantaran rongsokannya dipereteli masyarakat, bisa dibuat reflik kembali. Tentulah ini hanya sebuah harapan. Mungkin saja nantinya tak bisa dipenuhi wali kota/wakil wali kota yang baru. Tetapi kadung janji. Itu adalah utang. Maka, masyarakat seni laik menagih. (*)

Mewujudkan Keluarga Berkualitas di Nusantara MENGINGAT jumlah penduduk Indonesia semakin banyak, pengelolaan sumber daya manusia kini menjadi prioritas utama dalam mengikuti perkembangan global. Jumlah manusia yang kian meningkat dan mobilitas tanpa batas perlu diimbangi kebijakan dengan mampu mengembangkan peluang yang ada. Pada 2009, UNDP menempatkan Indonesia di posisi ke-111 dari 182 negara dalam pemeringkatan indeks pembangunan manusia (IPM). Tercatat IPM Indonesia 0,734 sehingga dikelompokkan sebagai bangsa berkembang. Sebagai negara berkembang, seringkali yang menjadi masalah adalah pembangunan yang tidak merata. Hal tersebut dapat dilihat dengan mengaitkan antara pemerataan distribusi pendapatan, penurunan pengangguran, pengentasan kemiskinan dengan sebaran, dan jumlah penduduk. Bagi Indonesia yang penduduknya lebih dari dua ratus juta dan berbentuk kepulauan. Maka korelasi di atas akan menghasilkan permasalahan mobilitas ekonomi penduduk yang cukup rumit. Apalagi bila perpindahan tidak hanya antardaerah, tapi juga lintas batas negara. Sehingga wajar, jika penduduk ditempatkan sebagai modal

dasar dan faktor dominan pembangunan. Salah satu upaya yang sudah dilakukan adalah dengan transmigrasi. Sejarah mencatat bahwa Lampung merupakan daerah yang kali pertama dijadikan lokasi penempatan penduduk asal Jawa di Sumatera, yang kemudian populer dengan sebutan transmigran. Transmigrasi menjadi salah satu alternatif pilihan dalam menyelesaikan banyak permasalahan bangsa khususnya mengenai kependudukan. Pada dasarnya program transmigrasi memiliki tujuan untuk menanggulangi pengangguran dengan memberikan peluang berusaha dan perluasan kesempatan kerja dalam bidang pertanian, perkebunan, dan perikanan. Kelanjutan dari pembukaan area pertanian, perkebunan, dan perikanan adalah memunculkan peluang diperluasnya ke sektor industri yang dampak langsungnya adalah penyerapan tenaga kerja. Selain itu transmigrasi juga ditujukan untuk mengurangi ketimpangan sebaran penduduk antar wilayah, membuka hubungan sosial wilayah, mendukung percepatan pertumbuhan wilayah, mewujudkan pusat pertumbuhan baru, dan mendukung pembangunan desa-desa yang sulit berkembang.

Oleh Hi. Ahmad Jajuli, S.I.P. Anggota Komite III DPD RI

Kemudian yang perlu dilakukan saat ini dan kedepan adalah mengevaluasinya. Caranya dengan melihat wujud nyata dari itu semua khususnya keberadaan dan pembangunan infrastruktur, fasilitas umum dan fasilitas sosial, peningkatan jalan eks transmigrasi menjadi jalan kabupaten/kota, jalan provinsi, dan jalan nasional. Upaya lain yang juga digencarkan adalah dengan diadakannya program yang mengatur perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga. Pada kegiatan sehari-hari lebih dikenal dengan program Keluarga Berencana (KB). Sebuah program yang mengutamakan pengaturan kehamilan dan kelahiran, baik jarak maupun usia ideal untuk melahirkan. Program ini diupayakan melalui cara yang promotif, tujuannya guna memberikan perlindungan, dan bantuan sesuai dengan hak reproduksi agar mampu mewujudkan keluarga yang berkualitas. UU No. 52/2009 mendefinisikan keluarga berkualitas sebagai

keluarga yang dibentuk berdasarkan perkawinan yang sah dan bercirikan sejahtera, sehat, maju, mandiri, memiliki jumlah anak yang ideal, berwawasan ke depan, bertanggung jawab, harmonis dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Membentuk keluarga berkualitas yang sesuai dengan definisi UU No. 52/2009 adalah hal yang tidak mudah. Saat ini, keluarga berkualitas yang begitu didambakan nampaknya dapat tergilas. Hal ini dikarenakan nilai-nilai keluarga yang dibentuk berdasar perkawinan yang sah sudah tercederai. Maraknya pemberitaan yang menggambarkan dekadensi moral menjadi contoh teranyar. Semoga pemberitaan tersebut bukanlah pertanda bahwa pemerintah hanya berkutat pada pengendalian kuantitas penduduk ketimbang mewujudkan keluarga berkualitas. Karena keduanya harus berjalan imbang agar sebaran dan jumlah penduduk yang berasal dari keluarga berkualitas dapat membantu menyelesaikan masalah pemerataan distribusi pendapatan, pengangguran, dan kemiskinan. Selain program yang dilaukan pemerintah, peran serta masyarakat dalam membentuk keluarga berkualitas juga diperlukan. Setidaknya

ada beberapa langkah yang perlu di lakukan guna membentuk keluarga berkualitas. Pertama, menumbuhkembangkan harapan pada diri sendiri dan keluarga akan kehidupan yang lebih baik. Kedua, memberikan teladan yang baik kepada anak-anak mengingat perkembangan teknologi dan globalisasi yang juga memilki beberapa dampak negatif dari sisi moral. Ketiga, senantiasa memberikan nasihat kebaikan dan teguran atas perilaku dan tindakan yang menyimpang. Keempat, dengan mencari dan membentuk lingkungan yang kondusif untuk perkembangan keluarga. Yaitu lingkungan yang jauh dari obat-obatan terlarang, kekerasan, dan perbuatan asusila. Kelima, melakukan pembiasaan dan pengulangan terhadap hal-hal yang baik dan bermanfaat. Terakhir, mengedepankan imbalan atau hadiah dalam melakukan pendidikan yang harus diikuti kemudian dengan hukuman atas kesalahan yang dilakukan. Berangkat dari hal-hal di atas, harapannya dapat mewujudkan keluarga berkualitas di pelosok nusantara. Selain itu, menjadikan Indonesia tidak hanya besar jumlah penduduknya. Melainkan mampu mengokohkan peran di setiap lini kancah internasional. (*)

RUANG ini khusus bagi Anda yang berjiwa merdeka. Kirimkan apa pun pendapat Anda tentang apa saja. Baik berupa komentar, kritik, atau saran. Setiap pendapat yang masuk sedapat mungkin tidak akan diedit. Pendapat bisa dikirim lewat surat ke alamat redaksi, fax. di nomor (0721) 789752, e-mail: redaksi@ radarlampung.co.id atau radarlpg@indo.net.id. Sertakan identitas yang masih berlaku. Atau kirimkan Podium Rakyat Anda melalui SMS. Caranya, ketik: POD (Isi Podium). Contoh: POD Mohon pembangunan jalan. Lalu kirim ke No. Matrix: 08154056789. Podium melalui SMS diutamakan yang menyangkut persoalan-persoalan pelayanan publik.

Tangkap Pengedar Togel

Terima kasih. (08127232456)

YTH. Kapolda Lampung. Saya kecewa terhadap kinerja kepolisian. Sebab, sampai kini pelaku peredaran judi togel di Kampung Pagardewa, Kecamatan Pagardewa, Tuba Barat, belum satu pun tertangkap. Jadi tolong segera tindak lanjuti pengaduan ini sebagai bukti bahwa penegak hukum kita benar-benar bekerja dengan baik. Masyarakat selalu menunggu sikap tegas terhadap peredaran judi togel khususnya Pagardewa, karena sangat meresahkan. Saya pun siap membantu kepolisian. Dan, ini sudah yang kesekian kalinya saya sampaikan harapan sama. Terima kasih. (081369276871)

Terima Kasih Polantas TERIMA kasih kepada anggota Polantas Bandarjaya yang telah membantu saya sewaktu kehabisan bahan bakar kendaraan di jalan. Semoga amal kebaikan Anda yang sangat melekat di hati saya mendapat balasan dari Allah SWT. Amin. (081379689880)

Honor Petugas Sensus

PILKADA 30 Juni 2010 harus bersih dan berkualitas. Dari Jaringan ’98 Lampung. (081541333082)

KEPADA pihak Kantor Pos, tolong jangan tahan honor petugas sensus, dong! Kami ini butuh makan. Apakah perlu kami datang ke Kantor Pos beramai-ramai untuk unjuk rasa menuntut apa yang seharusnya menjadi hak kami? Kepada Bapak Wali Kota, tolong perhatikan nasib kami para petugas sensus. (081379432889)

Kerusakan Jalan

Pilih Calon Berakhlak

KEPADA instansi terkait, mohon agar memperhatikan jalan yang sudah rusak parah di dekat kantor Polsek Kedaton. Tepatnya di depan cucian Gadingputih.

KEPADA warga Bandarlampung, kami imbau ketika pilkada nanti agar memilih calon yang memiliki tingkat ketakwaan kepada Allah SWT. Sebab, pemim-

Pilkada Bersih

pin yang bertakwa tidak akan korupsi. Apabila dia mendapatkan amanah, tidak akan memperkaya diri sendiri, keluarga, dan orang-orang dekat. Kapan lagi kita memilih wali kota-wakil wali kota yang berahlak baik, kalau bukan sekarang? (085768426744)

Tindak Guru Pungli BAPAK Kadisdik Lampung atau instansi yang terkait lainnya, sikapi keluhan dari para wali murid yang sering dimintai uang oleh para guru. Terutama guru SD di Bandarlampung. Bila penyakit itu sudah menahun, jangan segan-segan untuk memproses hukum dan memberikan sanksi tegas. Sebab, hal itu sangat memalukan dan menyusahkan wali murid. Terima kasih. (085768426744)

Bayar Parkir Dobel MELALUI rubrik ini sangat ingin menyampaikan keluhan terhadap pengenaan biaya parkir di Jalan Pemuda dan Pangkalpinang, Tanjungkarang Pusat. Di kedua ruas jalan pengemudi kendaraan, seperti pe-

ngalaman saya, harus membayar parkir dua kali. Yakni di pintu masuk dan tempat parkir. Jadi, besarnya untuk parkir motor Rp2.000. Bila tidak membayar, kendaraan akan digores petugas parkir. Jadi, mohon perhatian pihak terkait. (081272463262)

Jalan Belum Beraspal YTH. Bupati Tulangbawang. Kami mohon jalan menuju Kecamatan Gedongaji–Meraksaaji, Penawaraji, dan Rawapitu diperhatikan. Sebab, jalan itu rusak dan belum pernah tersentuh pembangunan aspal. Terima kasih. (085269392487)

Listrik Padam LISTRIK KLP Sinar Siwo Mego Kotagajah, Lampung Tengah, padam sejak Minggu (13/6), khususnya di RT 02/ RW 03 Gunungsugih Raya. Kami sudah menyampaikan konfirmasi kepada pihak KLP, namun hanya mendapatkan penjelasan bahwa ada kerusakan pada travo. Tapi setelah empat hari berselang, belum juga ada perbaikan. Kami sangat terganggu dengan tidak menyalanya listrik. Tolong manajemen KLP profesional. (081272341749)


SOCIETY

10

Pekerja Hotel dan Restoran Harus Ikuti Uji Kompetensi

SEBAGAI bentuk implementasi terhadap Undang-Undang No. 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan, Badan Pimpinan Daerah Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (BPD PHRI) Lampung menggelar Program Sertifikasi Kompetensi Kerja Sektor Pariwisata Bidang Hotel dan Restoran tahun 2010 di Hotel Sahid Bandarlampung kemarin (28/6).

Acara yang berlangsung pada 28-30 Juni tersebut diikuti sekitar 100 peserta yang merupakan pekerja dari seluruh hotel dan restoran yang ada di Bandarlampung. Di antaranya, karyawan dan karyawati Hotel Sahid Bandarlampung, Hotel Sheraton, Marcopolo, Nusantara, Bukit Randu, Indra Puri, Kurnia II, Amalia, serta karyawan dan karyawati

Hotel Grande. Selain karyawan dan karyawati hotel, acara juga diikuti para guru dari beberapa sekolah di Lampung. Seperti guru dari LP3SK Sahid Bandarlampung, SMKN 3 Bandarlampung, SMKN I Metro, SMK Satu Nusa Bandarlampung, SMK Krida Wisata Bandarlampung, serta guru dari Akparsan Bandarlampung. Sedangkan assessor atau tim pengajar yang hadir berasal dari Lembaga Sertifikasi Profesi Hotel dan Restoran (LSP). Di antaranya dari bidang front office adalah Hendaris dan Machaf Harun, bidang food beverage service Asep Parantika dan Yudi, bidang food beverage product Hadi Chandra dan Agusta Opier, bidang house keeping Ria Atmaja dan Elon Ramlan, serta bidang sekuriti Purwanto. Ketua BPD PHRI Lampung Handitya Narapati S.Z.P. mengatakan bahwa tujuan diadakannya acara tersebut adalah untuk meningkatkan daya saing dengan kompetensi khususnya pekerja hotel dan restoran dalam menyongsong ASEAN Free Trade Area (AFTA). (*)

SELASA, 29 JUNI 2010


BERITA UTAMA

SELASA, 29 JUNI 2010

11

Jawa Pos News Network

KISRUH PILKADA Polemik Pilkada Gowa terus berlanjut. Kemarin, salah satu organisasi kepemudaan memenuhi jalan Mallombasang untuk menghadapi massa tandingan dari pendukung kandidat bupati.

FOTO JPNN

Korut Ancam Serang Tuduh Korsel dan AS Sudah Siap Perang SEOUL – Korea Utara (Korut) kembali mengancam bakal menggunakan kekuatan militernya kepada Korea Selatan (Korsel). Penyebabnya adalah sebuah tudingan bahwa pasukan gabungan Korsel dan Amerika Serikat (AS) telah menempatkan persenjataan berat di kawasan demiliterisasi (DMZ) di Desa Panmunjom. Pasukan Korsel dan AS masih bersitegang dengan Korut di wilayah bebas militer di Panmunjon sejak berakhirnya perang Korea 1950–1953. ’’Pasukan AS memasukkan persenjataan berat pada 26 Juni (Sabtu) sekitar pukul 07.25,’’ terang kantor berita Korea

Utara, KCNA, mengutip sumber militer. Pihak Korut juga mendesak agar persenjataan militer tersebut segera ditarik. Seorang juru bicara militer AS tidak bisa memberikan komentar terkait dengan klaim Korut tersebut. Pihaknya menyatakan ingin mempelajari isi protes Pyongyang tersebut. Minggu (27/6), Korut menolak hadir dalam pertemuan yang dihelat sebuah komisi pencari fakta mengenai tenggelamnya kapal perang Cheonan milik angkatan laut Korsel. Pyongyang menyatakan hanya mau berdialog secara langsung, military to military, dengan Korsel. Sebuah delegasi dari PBB yang dipimpin AS akan menyelidiki kemungkinan keterlibatan

Korut dalam kasus tenggelamnya Cheonan. Tuduhan itu sudah dibantah berulang-ulang oleh Korut. Mereka pun menyebutnya sebagai fitnah. Korut juga menegaskan, bukan kali ini saja Pyongyang menghadapi ancaman AS dalam kasus nuklir. Korut tidak punya pilihan lain kecuali meningkatkan kemampuan militer untuk menangkal serangan nuklir. ’’Dalam sejarahnya, fakta menunjukkan bahwa Korut selalu benar ketika mengambil keputusan untuk merespons ancaman nuklir dengan meningkatkan kemampuan penangkalnya,’’ tulis KCNA. ’’Gangguan-gangguan yang terus terjadi dan berkembang di Semenanjung Korea semakin menegaskan pentingnya, bagi kami, untuk meningkatkan ke-

Belanda... Gol hiburan buat Slovakia dicetak Robert Vittek dari titik penalti, hanya sesaat sebelum peluit panjang berbunyi. Wasit Alberto Undiano menunjuk titik putih setelah Vittek dijatuhkan kiper Marteen Stekelenburg di depan mulut gawangnya. ’’Semuanya berjalan menyenangkan hari ini. Memang seperti

Sambungan dari Hal 1 inilah seharusnya PD,’’ kata Robben dengan raut berseri-seri sebagaimana dilansir Reuters. ’’Mungkin ini belum merupakan laga terbaik kami. Yang lebih penting, kami lolos ke perempat final,’’ lanjutnya. Turunnya Robben sejak awal memang membuat lini tengah Belanda lebih hidup. Meski Slovakia mencoba bermain dengan

determinasi tinggi seperti ketika mengalahkan Italia, penggawa Belanda mampu mengimbangi tempo mereka. The Fighting Jondas –sebutan Slovakia– juga tidak beruntung lantaran beberapa usaha mereka kandas akibat akurasi tendangan yang buruk. Kritik atas lini depan yang kurang tajam membuat Belanda makin menggila pada babak ke-

KPK... Pada 16 Juni 2010, ICW resmi menyampaikan laporan pada Satgas Antimafia Hukum. Dalam dokumen itu, sejumlah nama jenderal disebut-sebut. Di antaranya Irjen BG, Irjen MS, Irjen SW, Irjen BH, dan Komjen SD. Aset mereka yang belum jelas asal-usulnya berupa tanah, logam mulia, dan simpanan dalam bentuk dana miliaran rupiah. Tama mengatakan bahwa sejak resmi dilaporkan ke Satgas Pemberantasan Mafia Hukum, laporan mereka tak ada perkembangan sama sekali. ’’Penegak hukum lamban!” tegasnya. Karena itu, dia meminta SBY mendorong penyelesaian kasus itu. Sebab, secara hirarki, Kapolri Jenderal Bambang Hendarso Danuri (BHD) bertanggung jawab langsung kepada presiden. Apalagi pada waktu yang sama, temuan ICW itu tak banyak direspons korps Bhayangkara. Hingga kini, kata Tama, Mabes Polri hanya sebatas mengklarifikasi. Itu pun hanya sekadar mengecek kepada pihak yang bersangkutan. ’’Maksud kami, kenapa tidak klarifikasi dalam rangka konfrontasi? Kalau sekadar klarifikasi, tidak akan banyak perkembangan,” katanya. Gerak lambat Mabes Polri juga dialami KPK. Di komisi antikorupsi itu, temuan ICW tersebut masih sebatas penelaahan. Itu pun tak kunjung menghasilkan rekomendasi penyelidikan. Padahal, kata Tama, KPK

dua. Ketika itu, Slovakia sama sekali tidak memiliki ruang tembak. Namun, pertahanan kuat yang digalang anak buah Vladimir Weiss membuat mereka hanya mampu melepaskan tembakan dari jarak jauh. Akibatnya, kans mencetak gol tambahan pun sangat tipis. Baru pada menit-menit akhir Oranje mampu membongkar benteng tersebut. (jpnn/niz)

Sambungan dari Hal 1 adalah lembaga yang paling pas mengusut kepemilikan rekening jumbo itu. Sebab, kalau penyelesaian kasus itu dipimpin Kapolri, dia tak yakin bakal sukses. ’’KPK lemah sekali, loyo. Kalau hanya mengandalkan Polri, tak mungkin bisa independen. Sebaiknya sebelum peringatan ulang tahun Polri sudah diambil alih KPK, “ katanya. SBY, kata Tama, bisa memanggil KPK, Kapolri, dan satgas untuk meminta laporan perkembangan. Dari laporan itu, SBY bisa mengevaluasi. ’’Dari situ bisa dilihat, kasus ini macetnya di mana,” tegasnya. Terpisah, anggota Komisi Kepolisian Nasional Adnan Pandu Praja setuju jika dugaan rekening mencurigakan itu diserahkan saja pada KPK. ’’Sebab, jika polisi sendiri yang menangani kasus itu, bisa jadi hasilnya akan bias,” katanya. Beberapa waktu lalu, pihaknya telah melayangkan surat kepada PPATK untuk meminta data rekening pati yang mencurigakan itu. ’’Tapi, sampai sekarang kami masih belum mendapatkannya,” kata Adnan. Mabes Polri sendiri masih mengklarifikasi internal terkait laporan PPATK. Kabareskrim Mabes Polri Komjen Ito Sumardi berjanji menuntaskan secara serius. ’’Kini tim masih bekerja. Beri kami waktu, insya Allah segera klir,” ujarnya. Ito tidak mau merinci langkah apa saja yang sudah dilakukan

polisi. ’’Tim khusus ini ada unsur Bareskrim, Propam, Intelkam, dan Itwasum untuk menjamin agar hasil klarifikasi objektif,” katanya. Sejumlah perwira tinggi yang ada dalam laporan PPATK itu juga sudah memberikan keterangan asal-usul dananya. Sebelumnya, pada 10 Juni 2010 di Gedung PTIK, Kapolri Jenderal BHD juga sudah menegaskan bahwa PPATK dan Polri berkoordinasi soal rekening. ’’Tolong media tidak usah membesar-besarkan. Sebab, ini sudah ditangani secara internal,” kata BHD waktu itu. Hingga kemarin, KPK masih memilih bersikap pasif. Juru Bicara KPK Johan Budi Sapto Prabowo berdalih, kasus dugaan korupsi itu sudah ditangani pihak Polri. ’’Tadi saya dengar dari pimpinan (pimpinan KPK) bahwa kasus tersebut sedang ditangai pihak Polri. Jadi serahkan saja kepada yang berhak. Tapi, kalau memang pihak Polri meminta kita menangani, ya kita akan tangani,” papar Johan ketika dihubungi semalam. Johan menguraikan, KPK memang tidak berhak menangani kasus korupsi terkait rekening para perwira tinggi yang bernilai puluhan miliar rupiah. Namun, jika menyangkut persoalan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN), lembaga antikorupsi itu akan melakukan verifikasi berkenaan dengan laporan

Warga... adu penalti menghadapi sang musuh bebuyutan, Jerman. Namun, kenyataan menunjukkan bahwa para pemain Inggris (skuad tertua yang pernah dikirim ke Piala Dunia) sudah tak berdaya menghadapi tim Jerman yang kebetulan merupakan tim termuda yang dikirim sejak Piala Dunia 1930 pada 90 menit waktu normal pertandingan. Kekalahan itu tergolong paling buruk yang pernah dialami Inggris dalam sejarah keikutsertaan pada Piala Dunia. Kemarahan publik tersebut terekam di semua media yang terbit kemarin (28/6) di London. The Sun, harian dengan oplah terbesar, menulis berita utama dengan judul Kakek-Kakek Melawan Tim Remaja untuk menyindir performa buruk Inggris di lapangan. Di halaman lain, koran milik konglomerat media Rupert

mampuan menangkal serangan nuklir. Sebab, kebijakan AS terus mengancam Korut secara militer,’’ tambah KCNA. Seperti dilansir Agence FrancePresse, Korut juga menyatakan rencananya untuk mengembangkan persenjataan nuklir sebagai upaya menghadapi kebijakan AS yang selalu mengancam stabilitas keamanan negaranya. Pada 12 Mei, Korut mengembangkan sebuah reaksi fusi nuklir. Sebuah proses yang bisa digunakan untuk membuat bom hidrogen. Namun, pihaknya tidak mengaitkan suksesnya eksperimen tersebut dengan program senjata nuklir. Otoritas Korsel menyatakan sudah mendeteksi kandungan gas xenon yang sangat tinggi dan tidak normal pada 14 Mei. (jpnn/niz)

yang dimaksud. ’’Kalau memang itu ada (LHKPN milik BG ), kita pasti akan lakukan verifikasi ulang,” katanya. Ketika ditanya soal laporan ICW terkait desakan pengusutan kasus rekening itu, Johan menuturkan, laporan tersebut sedang mandek di bagian pengaduan masyarakat (dumas). ’’Jadi masih ditelaah di dumas,” imbuhnya. Sementara itu, mantan Plt. Ketua KPK Tumpak Hatorangan Panggabean mengatakan bahwa KPK memiliki kewenangan untuk berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Jika kasus yang ditangani masih dalam tahap penyelidikan, KPK bisa mengambil alih kasus sesuai dengan MoU atau kesepakatan antara KPK dan kepolisian. Tumpak memaparkan, sebelum suatu kasus diambil alih, kasus itu harus dikoordinasikan terlebih dahulu. Dalam hal ini, KPK menunggu adanya surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP) dari kepolisian. ’’Dari SPDP itulah, KPK bisa berkoordinasi dengan kepolisian,” ujarnya saat dihubungi semalam. Dari SPDP itu, kedua pihak, KPK dan kepolisian, akan menggelar perkara bersama. Dalam gelar perkara itu akan ditelaah bersama. ’’Dari situ bisa dicari kelemahan-kelemahannya apa. Jika kepolisian merasa bahwa kasus itu lebih layak ditangani KPK, akan diambil alih,” imbuh mantan jaksa itu. (jpnn/ade)

Sambungan dari Hal 1 Murdoch itu menurunkan judul Pesan untuk Para Pemain Inggris: Anda Semua Sungguh Membuat Masyarakat Inggris Sangat Kecewa. Harian Daily Telegraph tidak kalah nyinyir. Koran itu menulis bahwa generasi emas (golden generation) sepak bola Inggris ternyata hanya mitos. Sebelumnya, masyarakat begitu berharap nama-nama besar, seperti Wayne Rooney, Steven Gerrard, John Terry, Ashley Cole, Frank Lampard, dan Jerman Defoe mempersembahkan Piala Eropa atau Piala Dunia. Kenyataannya, dalam tiga kali Piala Dunia terakhir, para pemain yang digaji miliaran rupiah per pekan tersebut tidak ubahnya tim kelas RT di laga antarkampung. Koran The Guardian juga menyoroti generasi emas itu. Bagi

Lampard dan Gerrard, dua jenderal lapangan terbaik di Premier League, tidak ada lagi kesempatan mempersembahkan Piala Eropa atau Piala Dunia kepada masyarakat Inggris. ’’It’s all over for the golden generation (Semuanya sudah berakhir bagi generasi emas),’’ tulis koran berhaluan kiri tersebut. Akhirnya, sejarah hanya bisa mencatat bahwa prestasi terbesar Lampard dan Gerrard adalah mengantarkan Inggris ke babak perempat final Piala Eropa 2004 dan Piala Dunia 2006. ’’Ketika usia mereka sudah di atas 30 tahunan bahkan mendekati 40 tahun, peluang berlaga pada Piala Dunia tentu sangat kecil,’’ tulis The Guardian. Ulasan yang sangat pahit. Sepahit suasana di Inggris kemarin. Tidak ada lagi semarak

Piala Dunia di London dan kotakota besar lain. Bahkan, sejak Minggu sore tidak lama setelah Inggris digilas Der Panser – julukan Jerman–, banyak warga yang menurunkan bendera Inggris dari kendaraan, warung minum, dan jendela-jendela rumah. Di kereta dan moda transportasi umum lain, para penumpang tidak lagi membahas Timnas Inggris dan Piala Dunia yang masih berlangsung di Afrika Selatan. Bagi sebagian rakyat Inggris, Piala Dunia dianggap sudah berakhir. ’’Saya tidak ingin membicarakan tim Inggris lagi. Saya tidak ingin luka di hati saya kembali terbuka. Sebab, rasanya sungguh sangat menyakitkan,’’ kata Jonathan Allen, bapak satu anak yang gila bola di Inggris Barat. (niz)

Lampung tak Masuk PP Muhammadiyah BANDARLAMPUNG – Warga Muhammadiyah Lampung dipastikan tak ada satu pun yang masuk ke jajaran Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah. Pasalnya, satu warga Muhammadiyah asal Lampung yang sebelumnya terdaftar sebagai bakal calon (balon) anggota PP Muhammadiyah, Andi Nurpati, kini tak memenuhi syarat lagi menjadi anggota PP Muhammadiyah. ’’Dalam aturan, pengurus parpol tak diperbolehkan menjadi pengurus persyarikatan Muhammadiyah. Mulai di tingkat ranting hingga pusat,” kata Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Lampung Muzakir Noor kemaarin. Diketahui, Andi Nurpati adalah satu-satunya warga Muhammadiyah asal Lampung yang terdaftar sebagai balon anggota PP Muhammadiyah. Saat terdaftar, mantan ketua pimpinan wilayah Nasyiatul Aisyiyah (NA) Lampung itu belum terdaftar sebagai ketua Divisi Komunikasi Publik DPP Partai Demokrat. Kini ada 125 balon anggota PP

Muhammadiyah dari seluruh Indonesia yang akan dibahas pada Muktamar Ke-64 Muhammadiyah di Jogjakarta, 3–8 Juni 2010. Dari 125 balon anggota PP itu akan disaring menjadi 39 calon anggota PP Muhammadiyah. Kemudian dari 39 tersebut akan disaring kembali menjadi 13 orang anggota PP Muhammadiyah. ’’Ke-13 anggota PP Muhammadiyah tersebutlah yang akan menentukan ketua PP Muhammadiyah,” lanjut Muzakir Noor. Pada Muktamar Ke-46 Muhammadiyah ini, Provinsi Lampung mengirim 83 peserta dan sekitar 5.000 penggembira dengan mengendarai 120 bus. ’’Ada warga Muhammadiyah asal Lampung berkonvoi menuju lokasi muktamar yang diikuti 350 sepeda motor. Masing-masing dari Lampung Timur, Pringsewu, dan Tanggamus,” terangnya. Pembukaan Muktamar Ke-46 Muhammadiyah ini akan dibuka Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melalui sistem online dari Madinatul Munawarah. Kerana pada hari yang

sama, SBY sedang menjalankan ibadah umrah. Sedangkan penutupan muktamar akan dilakukan Wapres Boediono. Pada muktamar tersebut, PWM Lampung telah menyiapkan sejumlah masukan rekomendasi. Di antaranya masalah politik, khususnya menjelang pemilu, pilpres, maupun pilkada, Muhammadiyah seringkali bersikap reaktif dan kadang melakukan keberpihakan secara tersembunyi. Karena itu, ke depan etika berMuhammadiyah harus tetap dijaga agar tak menjual institusi Muhammadiyah untuk kepentingan pribadi atau kelompok. Selain itu, untuk mengetahui potensi persyarikatan secara terukur dan menyeluruh agar PP Muhammadiyah melaksanakan sensus persyarikatan untuk mengetahui jumlah anggota Muhammadiyah yang ber-NBM (nomor baku Muhammadiyah), simpatisan Muhammadiyah, serta aset amal usaha Muhammadiyah di bidang pendidikan, kesehatan, dan ekonomi minimal sepuluh tahun sekali. (een)

polisi yang dikontak Jawa Pos memang mengaku penasaran. ’’Saya tidak kebagian,’’ kata seorang perwira menengah kemarin. Menurut dia, sejak pagi sudah ada SMS soal majalah Tempo. ’’Tapi, bukan perintah untuk membeli. Hanya SMS soal isi majalah yang menarik dari kawan satu angkatan,’’ katanya. Sebagai seorang pamen, sumber itu mengaku sangat penasaran. ’’Mungkin saja yang penasaran banyak, jadi semua memborong,’’ katanya. Wakadivhumas Mabes Polri Brigjen Zainuri Lubis mengaku belum ada laporan terkait hilangnya majalah Tempo di pasaran. ’’Saya belum tahu soal itu,’’ kata jenderal bintang satu itu. Anggota Komisi Hukum DPR Nasir Djamil tak yakin polisi

digerakkan secara sistematis untuk membeli Tempo. ’’Justru sebaliknya, ini bisa saja langkah kontra intelijen agar masalah ini jadi ramai dan besar. Agar Polri tercoreng mukanya menjelang ulang tahun,’’ kata Nasir. Polri, kata politisi PKS itu, harus segera menjawab isu rekening itu dengan memberi klarifikasi lengkap. ’’Tidak perlu pakai cara Orde Baru. Kapolri bicara saja secara terbuka dan umumkan bahwa kecurigaan itu tidak benar. Atau kalau benar, umumkan siapa yang salah,’’ katanya. Nasir menilai, UU Kepolisian belum jelas mengatur tentang ’’bisnis’’ sampingan para perwira polisi. ’’Kalau yang berdagang anaknya, apa melanggar undangundang? Kalau dia dapat hibah atau warisan, apa juga melanggar?’’ katanya. (jpnn/niz)

Muat... Agen majalah lain di Jakarta Pusat juga kehabisan. Pengamatan di kawasan Sentra Bursa Media, Jl. Budi Utomo, Jakarta Pusat, terdapat tiga lapak agen dan semuanya ludes. Menurut pedagang yang mangkal di sana, tiap lapak agen minimal mengambil 250 eksemplar majalah Tempo tiap terbit. ’’Semuanya diborong. Ya, berarti ada kali sekitar 750 yang diborong. Orangnya pakai baju safari, rambutnya pendek,’’ kata Gunawan, penjaga lapak. Menurut penuturan pedagang lainnya, siang tadi juga sempat datang seorang polisi berseragam lengkap yang hendak membeli majalah serupa. Selain berseragam lengkap, polisi tersebut datang menggunakan sebuah mobil sedan polisi. ’’Tapi, dia juga sudah kehabisan,’’ katanya. Terpisah, beberapa kolega

Sambungan dari Hal 1

Calon... ’’PDIP akan terus menginventarisasi pemilih yang tidak mendapat kartu dan undangan. Dengan dua temuan ini, kami merasa kejanggalan ini ada di mana-mana. Kami mengindikasikan ini terjadi di semua kelurahan,’’ ujarnya. Pada bagian lain, KPU sendiri mengkhwatirkan sejumlah permasalahan yang akan muncul menjelang pemungutan suara. Ketua KPU Lampung Edwin Hanibal memetakan permasalahan yang mungkin timbul, antara lain, pada waktu penghitungan suara. Edwin mengingatkan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) harus memulai

Sambungan dari Hal 1 penghitungan suara setelah pukul 13.00 WIB, setelah semua pemilih menggunakan haknya. Untuk ini, KPU Lampung telah menginstruksikan KPU kabupaten/kota untuk membuat surat edaran ke KPPS agar tidak melakukan penghitungan suara sebelum pukul 13.00 WIB. Selain itu, Edwin juga mengingatkan KPPS harus mengantisipasi perpindahan TPS jika turun hujan pada waktu pemungutan suara. ’’Ketika TPS harus pindah, itu harus berkoordinasi antara KPPS, linmas, serta PPL (pengawas pemilu lapangan) dan dituangkan dalam berita acara,’’ ujar Edwin usai memonitoring persiapan pilkada di KPU

Kherlani... Selain itu, dia juga merasa rugi biaya yang keluar untuk pencalonan dan kerugian secara politik lainnya. Dijelaskan pula, pada siang hari kemarin, tim dari Partai Golkar juga telah melapor kepada Panwas Pilkada Bandarlampung terkait pelanggaran atas tahapantahapan pilkada. Laporan yang disampaikan panwas tersebut juga telah disampaikan kepada Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) pukul 20.00 WIB tadi malam. ’’Tapi, karena pilkada tinggal dua hari lagi, saya kira masyarakat di Bandarlampung mesti mengetahui bahwa kontrak-kontrak politik yang disebar pihak kurang bertanggung jawab ini murni black campaign kepada saya. Mungkin untuk mendorong masyarakat agar emosi dan tidak memilih pasangan nomor urut tiga,’’ imbuhnya. Dia menduga, ini merupakan upaya lawan politik menjatuhkan citranya menjelang pemungutan suara Rabu (30/6). Wakil Ketua Bidang Kampanye Khado Rahmat Husein siang hari kemarin juga melaporkan ini ke Panwas Pilkada Bandarlampung dengan menyertakan sekitar 10 ribu lembar selebaran dan uang Rp900 ribu. Husein mengatakan, pada Sabtu (26/6), Tio datang ke rumah pengawas pemilu lapangan (PPL) Kuripan, Telukbetung Barat (TbB), M. Farizal. Tio memberikan uang Rp900 ribu untuk penyebaran selebaran tersebut. ’’Minggu (27/6), Tio kemudian datang memberikan 15 ribu selebaran untuk disebarkan ke seluruh kelurahan dalam wilayah TbB,’’ ujar Husein saat menggelar kon-

Bandarlampung kemarin. Permasalahan saksi juga menjadi perhatian KPU. Ketua KPU Bandarlampung Erlina mengatakan, para calon harus menyampaikan surat mandat satu orang saksi per TPS paling lambat hari ini (29/6) ke KPPS. Erlina berharap saksi tidak menggunakan atribut pasangan calon ketika di TPS. ’’Imbauan ini untuk menjaga netralitas,’’ ujarnya. Dijelaskan pula, tahanan di mapolda, mapoltabes, dan seluruh mapolsekta juga akan diakomodasi hak pilihnya melalui TPS bergerak. Selain itu, pasien dan penunggu pasien RSUDAM dan RS DKT juga diakomodasi TPS bergerak dari TPS terdekat. (dna/niz)

Sambungan dari Hal 1 ferensi pers usai laporan ke panwas pilkada kemarin. Husein menegaskan, pasangan Khado merupakan Pancasilais dan mengakui keberagaman agama. Pasangan Khado memang ingin menang dalam pilkada, namun dengan tidak menghalalkan segala cara dan menodai proses demokrasi. Dia menjelaskan, selebaran yang diberikan Tio ini membahayakan bagi keamanan Bandarlampung. ’’Kita tak ingin Bandarlampung seperti Poso dan Ambon gara-gara selebaran yang diberikan Tio,’’ imbuh Husein. Hingga berita ini diturunkan, Tio belum berhasil dikonfirmasi. Ketika ingin ditemui di ruang Fraksi PKS DPRD Bandarlampung, ruangan tersebut tertutup. Saat dihubungi via ponselnya bernomor 081540033XXX tak diangkat. Pesan singkat yang dikirim Radar Lampung juga tak dibalas. Sekretaris DPD PKS Bandarlampung Fahmi Sasmita mengaku belum mengetahui permasalahan ini. Namun, Fahmi mengakui bahwa Tio merupakan kader PKS dan kini bekerja sebagai staf di Fraksi PKS Bandarlampung. ’’Tapi, saya belum tahu tentang permasalahan ini,” kata anggota Fraksi PKS Bandarlampung ini. Menanggapi ini, Ketua Asosiasi Pendeta Indonesia Bandarlampung Dr. (cand.) Pdt. Kres Ari Kawalo, S.Th., M.Th. menyesalkan beredarnya selebaran tersebut. Dia mengatakan, ini merupakan unsur fitnah terhadap pasangan calon. ’’Ini ketimpangan demokrasi. Jadi, saya imbau masyarakat dan calon bahwa ini tidak benar. Ini merupakan fitnah yang saya sesalkan. Ini mengancam perpecahan

di tengah-tengah masyarakat majemuk yang ada di Bandarlampung,’’ ujar Kres kepada Radar Lampung. Anggot Panwas Pilkada Bandarlampung Ahmad Hidayat mengatakan, lembaganya segera berkoordinasi dengan Sentra Gakkumdu terkait penyelesaian masalah ini. ’’Informasi awal sudah kami sampaikan dan secepatnya kami akan tindaklanjuti,’’ pungkasnya. Diketahui, selebaran dugaan black campaign tersebut berupa surat kontrak politik antara pasangan calon wali kota-wakil wali kota Kherlani-Heru Sambodo dengan pemuka agama se-Kota Bandarlampung. Surat tersebut bertuliskan, untuk memberikan kebebasan sesama umat bergama di Bandarlampung, pasangan Kherlani-Heru Sambodo jika terpilih dalam pilkada berkomitmen dan berjanji kepada seluruh umat kristiani. Pertama, memberikan izin masuknya kurikulum pendidikan Kristen mulai SD-SMA di SDN. Kedua, akan memberikan izin untuk pendirian gereja di setiap kelurahan. Ketiga, Kherlani dan Heru menjanjikan akan memberikan jabatan strategis di Pemkot Bandarlampung kepada PNS umat kristiani, terutama di Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan. Terakhir, Kherlani-Heru Sambodo akan memberikan perlindungan dan kebebasan kepada umat kristiani dalam program penyebaran ajaran Kristen. Dalam surat tersebut dituliskan komitmen telah disampaikan kepada forum kerukunan umat beragama yang diikuti oleh 10 pendeta. (dna/eka/een/niz)


13

SELASA, 29 JUNI 2010

11 JUNI-11 JULI 2010

CAPE TOWN – Lolos dari penyisihan grup, Spanyol dihadang lawan berat. Juara Eropa 2008 itu harus menghadapi Portugal di babak 16 besar dini hari nanti. Bentrok ini diprediksi sangat seru. Sebab, laga di Stadion Green Point, Cape Town, ini mempertemukan tim peringkat kedua dan ketiga FIFA. Tak hanya itu, laga ini menentukan siapa yang lebih kuat di Semenanjung Iberia. Faktor-faktor nonteknis seperti sejarah persaingan serta pertemuan di masa lalu turut menjadi bumbu. ’’Setiap orang (di tim) sudah membicarakan Spanyol sepanjang waktu,” ungkap gelandang serang Portugal Simao Sabrosa seperti dilansir Associated Press. ’’Tentu, kami punya respek kepada mereka. Tetapi, publik juga tidak boleh melupakan apa yang telah kami capai dalam beberapa tahun terakhir,” papar pemain Atletico Madrid itu. Selama ini, sepak bola Portugal kerap dianggap kelas dua jika dibandingkan Spanyol. Hal itu tidak berlebihan mengingat Liga Primera Spanyol memang jauh lebih maju. Bahkan, gemerlap liga tersebut telah menarik banyak pemain asal Portugal merumput di sana. Di skuad Portugal sekarang, ada tujuh pemain yang berkiprah di Liga Primera. Anggapan itu tidak membuat para penggawa Seleccao das Quinas –julukan Portugal– ciut nyali. Kemenangan 7-0 atas Korea Utara (Korut) dan menahan Brazil 00 menjadi bekal yang lumayan. ’’Performa terbaik Portugal belum muncul. Itulah keyakinan saya. Para pemain sangat termotivasi dan percaya diri. Mereka selalu menunjukkan keinginan untuk melaju ke babak selanjutnya,” ungkap Carlos Queiroz, pelatih Portugal.

Capdevilla

v

PORTUGAL

CRISTIANO RONALDO

SPANYOL

Portugal akan tampil dengan kekuatan terbaik. Bahkan, Deco yang baru pulih dari cedera, direncanakan kembali ke lapangan meski belum tentu turun sebagai starter. Hanya gelandang serang Danny yang diragukan bisa tampil lantaran kakinya terluka saat melawan Brazil. Di sisi lain, Spanyol menghadapi masalah lebih pelik. Mereka terancam kehilangan midfielder Xabi Alonso yang terlilit cedera engkel. Ketika melawan Cile di laga pamungkas grup G, pemain Real Madrid itu ditarik keluar dan digantikan Javi Martines. Belum ada kepastian apakah Alonso bakal tampil. Terlepas dari itu, Javi menyatakan siap mengisi posisi Alonso.

Apa pun kondisinya, arsitek Spanyol Vicente del Bosque optimistis pasukannya mampu mengatasi Portugal. ’’Kekalahan dari Swiss membuat kami semua stres. Tetapi, setelah itu kami bangkit dan memperbaiki diri. Kami fokus pada tujuan memenangkan enam laga ke depan, termasuk final,” paparnya. Terkait keberadaan Cristiano Ronaldo di skuad Portugal, Del Bosque tidak peduli. Dia tak menyiapkan pengawal khusus untuk mematikan pergerakan pemain terbaik dunia 2008 itu. ’’Saya khawatir kepada Portugal, bukan Ronaldo. Tanpa Ronaldo pun Portugal tetap tim tangguh,” tegas Del Bosque seperti dikutip AS. ’’Kami melihat mereka saat melawan Brazil. Tim itu sukses menghalangi Brazil memainkan gaya terbaiknya. Secara tim, mereka sangat solid. Buktinya, mereka bisa lolos ke 16 besar tanpa kebobolan,” paparnya. ’’Basis permainan mereka adalah benteng pertahanan yang kuat dan serangan balik yang sangat cepat. Sementara gaya asli kami adalah menyerang. Tentu, gaya itu akan kami pertahankan. Tetapi, kali ini kami harus lebih hati-hati dalam mengantisipasi serangan balik,” ujar Del Bosque. (jpnn/ewi)

LIMA LAGA TERAKHIR 15/01/92 19/01/94 13/02/02 06/09/03 20/06/04

Portugal Spanyol Spanyol Portugal Spanyol

v v v v v

Spanyol Portugal Portugal Spanyol Portugal

0-0 2-2 1-1 0-3 0-1

DI ATAS KERTAS Total, derby Iberia sudah berlangsung sebanyak 32 kali, di mana Spanyol memenangi 15 di antaranya. Namun, mayoritas victory itu diperoleh di masa lalu. Sejak dekade 80-an Portugal mulai bisa mengimbangi, dan memetik enam kemenangan.

Ferreira

Iniesta Ronaldo Tiago Villa

Puyol

Carvalho

Javi Martinez

Eduardo

Casillas Liedson Pepe Pique

Bruno Alves

Busquets Torres Ramos

Meireles Xavi

Simao

Coentrao

PELATIH: CARLOS QUIEROZ

PELATIH: VICENTE DEL BOSQUE

Ronaldo tak Nyaman Sendirian PORTUGAL mencetak rekor kemenangan terbesar kala melumat Korea Utara (Korut) 7-0 di penyisihan grup G (21/6). Namun, itu tidak mengindikasikan kekuatan lini depan Portugal. Sebab, ketika menghadapi tim yang levelnya tidak jauh berbeda, Seleccao das Quinas –julukan Portugal– justru memble. Melawan Pantai Gading dan Brazil, Portugal hanya bermain imbang 0-0. Menurut Cristiano Ronaldo, kemandulan sektor depan timnya disebabkan kesalahan formasi pelatih Carlos Quieroz. Dalam tiga laga fase grup, Ronaldo beroperasi sendirian di depan. Tanpa dukungan striker lainnya, bintang Real Madrid itu sulit mengonversi peluang menjadi gol. ’’Bos (Queiroz, Red) tahu sebenarnya lo-

DAVID VILLA

FERNANDO TORRES

TETAP PERCAYA TORRES FERNANDO Torres diharapkan menjadi salah satu mesin gol Spanyol di Piala Dunia 2010 ini. Namun, operasi lutut yang dijalaninya April lalu membuat harapan tersebut sulit terwujud. Hingga sekarang, belum sebiji gol pun yang disarangkan penyerang Liverpool berusia 26 tahun itu meski turun sebagai starter dalam dua laga terakhir Spanyol di fase grup. Meski begitu, pelatih Spanyol Vicente del Bosque tetap memercayai Torres. Menurut dia, Torres adalah sosok yang berbahaya. Nah, hal itu sangat membantu Spanyol. ’’Kendati belum mencetak gol, dia tetap punya peran besar bagi tim kami. Dia membuat defender lawan kesulitan menjaga daerahnya,” ungkap Del Bosque seperti dikutip Associated Press. ’’Mungkin pemain lain yang mengambil keuntungan dari situasi tersebut. Tetapi, justru itulah kontribusi dia buat tim,” lanjutnya. Selama ini Spanyol lebih berhasil ketika menerjunkan pola 4-4-2 dengan duet Torres dan David Villa di depan. Formasi seperti itu memaksa lawan memecah konsentrasi soal siapa yang harus dikawal. Jika Torres ditempel ketat, masih ada Villa. Begitu pula sebaliknya.

Dalam dua pertandingan terakhir, Villa-lah yang mendapat keuntungan dari penjagaan ketat defender lawan terhadap Torres. Torres sendiri bukannya tidak pernah men-

dapat peluang. Dia cukup sering mendapatkan kans emas untuk mencetak gol. Tetapi, kondisi yang belum seratus persen membuat dia gagal memaksimalkan peluang tersebut. Lagi-lagi, Del Bosque mengabaikan fakta itu. ’’Yang paling penting, dia sudah bisa tampil di tiga pertandingan (saat melawan Swiss turun sebagai pengganti, Red). Selama itu penampilannya selalu meningkat,” papar Del Bosque. ’’Kondisinya juga semakin membaik. Jika dia konsisten main bagus, gol akan datang dengan sendirinya,” yakin eks pelatih Real Madrid itu. Torres sendiri mengaku kondisinya belum seratus persen. Tetapi, kepercayaan sang entrenador memotivasinya untuk lekas bangkit. Penyerang binaan Atletico Madrid itu pun berjanji segera mempersembahkan gol buat Spanyol. ’’Tidak mudah mendapatkan performa terbaik setelah operasi,” aku Torres dalam wawancara dengan sebuah radio Spanyol. ’’Saya pikir, saya masih butuh waktu sebelum kembali seratus persen. Tetapi, saya sudah sangat dekat. Saya terus melatih kebugaran dan segera sembuh,” katanya. (jpnn/ewi)

ne striker bukan posisi asli saya. Memang benar, ketika berperan sebagai striker tunggal, tugas dan tanggungan saya lebih sedikit daripada ketika menjadi winger. Tetapi, saya ingin bermain di posisi saya yang lebih nyaman,” ujar Ronaldo kepada CBS Sports. Selama fase grup, Queiroz memang selalu menerjunkan skema 4-3-3. Ronaldo dipasang sebagai penyerang sayap kanan, bersama Liedson dan Simao Sabrosa, atau Sabrosa dan Hugo Almeida. Namun, dalam perjalanannya, striker yang beroperasi di tengah dan kiri selalu mundur, lebih berfungsi sebagai winger. Alhasil, hanya Ronaldo yang menjadi target man alias penyelesai. Itu paling tampak ketika Portugal menghadapi Brazil. ’’Saya

sebenarnya tidak suka dimainkan di posisi itu (lone striker). Saya butuh bantuan,” kata Ronaldo. Soal peluang timnya, Ronaldo optimistis melenggang ke perempat final. Spanyol memang bukan lawan ringan. Namun, dia yakin bisa mengatasi juara Euro 2008 itu. Fakta bahwa banyak pemain Portugal bermain di Liga Primera cukup menguntungkan Portugal. ’’Saya sangat percaya diri. Saya yakin bisa memberikan performa yang lebih bagus buat Portugal. Kami sudah lolos dari penyisihan grup dan kini bermimpi lolos ke perempat final. Jika kami menang atas Spanyol, mimpi kami jadi nyata,” tegas Ronaldo. (jpnn/ewi)


14

SELASA, 29 JUNI 2010

W O R L D C U P H I ST O RY

10 Topskor dalam Sejarah Piala Dunia DI setiap akhir perhelatan turnamen final Piala Dunia (PD), FIFA selalu memberikan beberapa penghargaan kepada pemain-pemain dan tim-tim yang dianggap istimewa. Salah satunya topskor atau pencetak gol terbanyak. Pada PD ke-12 di Spanyol 1982, untuk kali pertamanya FIFA memberikan penghargaan sepatu emas Adidas kepada para topskor. Siapa sajakah pencetak gol terbanyak tersebut? Berikut sepuluh topskor dalam sejarah PD.(net/erw) FOTO NET

Ronaldo (Brazil) - 15 gol (1994, 1998, 2002, 2006) PEMAIN legendaris ini dikenang berkat penampilan gemilangnya di PD 2002. Selain menjadi topskor dengan mencetak delapan gol – termasuk dua gol di pertandingan final ke gawang Jerman–, Ronaldo juga berhasil membawa Brazil juara. FOTO NET

Jurgen Klinsmann (Jerman) - 11 gol (1990, 1994, 1998) STRIKER haus gol ini mencetak gol di tiga PD secara berturut-turut dan menjalin kerja sama mengesankan dengan Rudi Voller pada PD 1990 dan 1994.

FOTO NET

Just Fontaine (Prancis) - 13 gol (1958) FOTO NET

Helmut Rahn (Jerman Barat) - 10 gol (1954, 1958) PEMAIN berjuluk The Cannon from Essen ini dikenal berkat dua golnya ke gawang Hungaria di PD 1954 dan mengantarkan Jerman meraih juara dunia untuk kali pertamanya. Dia mencetak sepuluh gol dalam sembilan pertandingan.

FOTO NET

FONTAINE hanya tampil di satu PD. Namun hingga kini ia adalah topskor dengan gol terbanyak sepanjang turnamen PD. Dengan mencetak 13 gol dan membawa Prancis juara ketiga PD 1958.

Gary Lineker (Inggris) - 10 gol (1986, 1990) MENJADI topskor pada PD 1986 dengan mencetak enam gol. Di PD 1990 saat Inggris menjadi juara keempat, ia berhasil mencetak empat gol lagi.

FOTO NET

Gerd Muller (Jerman Barat) - 14 gol (1970, 1974) IA disebut-sebut sebagai striker kotak penalti terbaik sepanjang masa. Pada PD 1970 saat Jerman Barat menjadi juara ketiga, Muller mencetak sepuluh gol. Lalu PD 1974, dia membuat empat gol. Termasuk gol penentu kemenangan negaranya atas Belanda di final.

FOTO NET

Teofilo Cubillas (Peru) - mencetak 10 gol (Piala Dunia 1970, 1978 dan 1982)

Gabriel Batistuta (Argentina) - 10 gol (1994, 1998, 2002)

Pele (Brazil) 12 gol (1958, 1962, 1966, 1970)

Sandor Kosics (Hongaria) - 11 gol (1954)

CUBILLAS masih tercatat sebagai pemain terbaik Peru sepanjang masa. Ia berperan besar dalam membawa negaranya melaju sampai perempat final PD 1970. Delapan tahun kemudian, ia mencetak sebuah gol indah di PD Argentina 1978.

STRIKER legendaris Argentina ini dikenal dengan tendangan kaki kanannya yang sangat keras. Ia membuat gol ketika di puncak karir pada PD 1994 dan 1998, dan juga sempat mencetak gol saat menjadi veteran di PD 2002.

PEMAIN yang dijuluki The King ini sudah mendunia di usia 17 tahun. Ia mencetak dua gol di final PD 1958 dan membawa Brazil mengalahkan Swedia. Ia menutup karirnya pada PD 1970 dengan membuat satu gol di pertandingan final saat timnya mengalahkan Italia 4-1.

KOSICS merupakan pemain kunci dalam tim Hungaria yang tampil luar biasa di PD 1954. Dia membuat gol di setiap pertandingan, kecuali final yang timnya secara mengejutkan kalah dari Jerman.

FOTO NET

FOTO NET

FOTO NET


15

SELASA, 29 JUNI 2010

11 JUNI-11 JULI 2010

FOTO-FOTO YUYUNG ABDI/JPNN

SUKACITA SUPORTER ARGENTINA SUPORTER Argentina tak mampu membendung rasa gembira setelah timnya menang atas Meksiko 3-1 di Stadion Soccer City, Minggu malam (27/6). Saat meninggalkan stadion, wajah mereka terlihat berseri-seri. Berbagai aksi,

mereka lakukan untuk meluapkan rasa gembira. Ada yang melonjak-lonjak, juga memukul-mukul drum sekenanya. Sebagian lagi mengibarngibarkan bendera Argentina sambil berteriak-teriak bak orang kesetanan. (jpnn/erw)


16

SELASA, 29 JUNI 2010

11 JUNI-11 JULI 2010

Waspadai Eksekusi BOLA MATI

ASA TERAKHIR ASIA

KEPIAWAIAN pemain Jepang dalam melakukan eksekusi bola-bola mati menjadi perhatian kubu Paraguay. Bahkan, pelatih Paraguay Gerardo Martino mewanti-wanti pemainnya supaya tidak melakukan pelanggaran di dekat area penalti, jika mereka tak ingin bernasib sama dengan Denmark. Saat itu, gawang Denmark jebol dua kali lewat tendangan bebas Keisuke Honda dan Yasuhito Endo. ”Sejujurnya dari apa yang kami lihat pada pertandingan beberapa hari lalu (duel Jepang versus Denmark), kami harus mencoba untuk tidak melakukan pelanggaran di dekat area tersebut. Itu berbahaya, lebih baik dihindari,” jelas Martino seperti dilansir AP. Selain Honda dan Endo, pemain Jepang lainnya yang dikenal piawai melesakkan tendangan bebas adalah Shunsuke Nakamura. Mantan pemain Reggina dan Glasgow Celtic itu kerap membuat kiper lawan ngeri jika sudah mengambil ancang-ancang tendangan bebas. Nakamura bahkan pernah dua kali membobol gawang Manchester United di ajang Liga Champions. Tepatnya, pada 13 September 2006. Selain kemampuan eksekusi bola mati, hal lain yang diwaspadai oleh Paraguay adalah ketatnya pertahanan Jepang dan kecepatan mereka tatkala membangun serangan balik. ”Ketika mendapat bola, mereka bakal keluar menyerang dengan cepat,” ulas Martino. ”Secara mendasar, mereka adalah tim yang kuat di pertahanan. Tim itu memainkan empat bek sejajar dan lima gelandang, tapi Honda bisa saja langsung mengambil posisi sebagai striker dalam kondisi tertentu,” bebernya. Sementara itu, Jepang tidak ingin dianggap sebagai tim yang monoton dan hanya akan mengandalkan bola mati dan serangan balik. ”Satu hal yang perlu mereka ketahui, kami akan mencari variasi lain, dan membuat mereka terkejut,” urai Marcus Tulio Tanaka, bek Jepang. (jpnn/niz)

PRETORIA – Korea Selatan (Korsel) gagal melanjutkan kiprahnya di ajang Piala Dunia 2010. Laju tim Negeri Ginseng itu terhenti di kaki wakil Amerika Selatan, Uruguay. Namun, Asia masih punya harapan untuk menorehkan kebanggaan di Afrika Selatan. Nah, asa itu tertumpu pada Jepang yang petang nanti bentrok lawan wakil Amerika Selatan lainnya Paraguay di babak 16 besar. Sebagai satu-satunya wakil, kubu Samurai Biru –julukan timnas Jepang– pun bertekad tak ingin mengecewakan publik bola di Asia. Apalagi, Jepang juga tengah memburu sejarah, di mana skuad asuhan Takeshi Okada itu ingin menembus fase perempat final. Jika target tersebut mampu dicapai, maka itu adalah prestasi terbaik Jepang selama berkiprah di ajang Piala Dunia. ’’Korsel telah menunjukkan performa yang luar biasa. Sayang, mereka tidak menang. Sekarang, tinggal kami wakil Asia yang masih berada di even ini. Kami harus bisa menjadi kebanggaan Asia,” koar Okada seperti dikutip AFP. ’’Tentu saja kami akan bermain dengan kepercayaan diri ekstra. Kami ingin mewakili Asia. Hasrat terbesar saya dan para pemain adalah bisa mengalahkan Paraguay. Kami akan berusaha sebaik mungkin,” papar pelatih berusia 53 tahun itu. Meski berhasil menaklukkan Kamerun dan Denmark di fase penyisihan grup, status favorit tetap saja disematkan pada Paraguay. Tetapi, situasi itu justru membuat penggawa Jepang lebih rileks. ’’Kami akan bermain dengan penuh keberanian dan itu bisa terjadi kalau kami bermain tanpa beban,” kata Yuto Nagatomo, bek kiri Jepang. Bila menilik catatan bentrok kedua tim, Jepang memiliki peluang untuk mengatasi Paraguay. Setidaknya mengimbangi skuad besutan Gerardo Martino itu. Sebab, dari enam kali pertemuan, Jepang memetik sekali kemenangan dan tiga kali seri. Namun, semua pertandingan itu terjadi di laga uji coba. Sementara, duel petang nanti adalah pertemuan pertama mereka di ajang Piala Dunia. Jepang sendiri petang nanti sudah bisa turun dengan kekuatan penuh. Berbeda dengan Paraguay yang kehilangan gelandang Victor Caceres karena sudah mengoleksi dua kartu kuning. Dengan begitu, posisinya bakal digantikan Edgar Barreto. Okada juga telah memantau permainan Paraguay selama penyisihan grup. Nah, Okada bisa mengambil kesimpulan kalau pertahanan Paraguay sangat solid. Terbukti, selama penyisihan, gawang mereka hanya kebobolan satu gol. Karena itu, Jepang akan mengandalkan kemampuan algojo-algojonya dalam mengeksekusi bola mati, seperti yang dilakukan ketika menyingkirkan Denmark. Meski solid dalam bertahan, Paraguay memiliki handicap di lini depan. Mereka hanya mencetak tiga gol selama penyisihan. Itu pun dilesakkan pemain nonstriker. Ini tentu menjadi pekerjaan rumah buat pelatih Gerardo Martino. Sebab, dia belum bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki striker Oscar Cardozo. Padahal, Cardozo musim lalu mencetak 38 gol buat Benfica di semua ajang. ’’Striker kami memang belum mendapat kesempatan mencetak gol. Tetapi, saya percaya kesempatan itu segera tiba,’’ tandas Martino. (jpnn/niz)

ADA dua misi yang diemban Jepang saat menghadapi Paraguay petang nanti. Tim Samurai Biru (julukan Jepang) tak hanya mengejar kebanggaan sebagai satu-satunya wakil Asia yang masih bertahan di fase knockout. Jepang juga mengemban misi menghapus kutukan tim-tim Asia atas Amerika Selatan. Ya, hingga kini belum ada satu pun wakil Asia yang mampu mengalahkan tim asal Amerika Selatan di kancah Piala Dunia. Dari sepuluh kali pertemuan, wakil Amerika Selatan delapan kali mengalahkan tim Asia. Sedangkan dua laga lainnya berakhir seri. Hasil seri itu dibukukan Korea Selatan (Korsel) ketika menahan imbang Bolivia pada 1994, serta hasil seri Korea Utara (Korut) saat bertemu Cile di Piala Dunia 1966. ’’Tak ada wakil Amerika Selatan di grup kami. Karena itu, menghadapi Paraguay, kami harus bermain lebih keras serta tak boleh kehilangan spirit,’’ cetus Shinji Okazaki, striker Jepang, kepada Sky Sports. Okazaki mengungkapkan, penampilan ngotot dan sedikit keras merupakan cara yang paling efektif untuk meredam Paraguay. Sebab, mayoritas tim asal Amerika Selatan memiliki karakter permainan semacam itu. ’’Kami sudah melangkah sejauh ini. Jadi, jika mampu menjaga kepercayaan diri, saya pikir kami bisa membuat kejutan. Toh, kami juga akan bermain tanpa beban,’’ tandasnya. Keisuke Honda membenarkan ucapan rekannya. Menurut dia, meski sejauh ini belum ada wakil Asia yang mampu mengalahkan tim Amerika Selatan di Piala Dunia, segalanya masih memungkinkan. (jpnn/niz)

KEISUKE HONDA

Kejar Kebanggaan, Hapus Kutukan

Morel

Komano Riveros

Villar

Valdez

Matsui

Abe

Da Silva Barreto

Cardozo

Honda

Hasebe

Cᣥres

4-3-3

Caniza

Kawashima

Nakazawa

Tulio Tanaka

Vera

Santa Cruz

PELATIH: GERARDO MARTINO

Paraguay

Okubo

V Jepang

Endo

Nagatomo

4-3-3

PELATIH: TAKESHI OKADA


17

SELASA, 29 JUNI 2010

10 Dosa Fabio Capello di Piala Dunia 2010 (Versi The Sun) 1. Baru mengumumkan skuad inti, bahkan kepada pemainnya sendiri, dua jam sebelum kick-off. 2. Tetap membawa pemain yang kondisinya belum fit seperti Ledley King, Rio Ferdinand, dan Gareth Barry. 3. Memainkan James Milner yang masih sakit ketika lawan AS. Milner akhirnya diganti setelah bermain 30 menit. 4.Terlalu bergantung pada Gareth Barry. Padahal, Barry hanya mencetak tiga gol dari 43 pertandingan bersama Manchester City. 5. Menolak menurunkan Joe Cole sebagai starter selama Piala Dunia 2010. 6. Memilih Robert Green yang minim pengalaman sebagai kiper utama di laga pertama lawan AS. 7. Mengabaikan Darren Bent yang merupakan topskor kedua di Premier League.Tetapi memilih Emile Heskey yang cuma mencetak tiga gol. 8. Menukar posisi John Terry dengan Matthew Upson. 9. Tidak memanggil Theo Walcott dan bintang muda Manchester City Adam Johnson. FOTO AFP

10. Minim kreasi karena Inggris tampil monoton dengan hanya mengandalkan formasi 4-4-2.

Kandidat Pelatih Inggris Stuart Pearce

Arsene Wenger

Kursi Capello Mulai Panas LONDON – Wasit Jorge Larrionda yang memimpin laga Jerman lawan Inggris bukan satu-satunya orang yang disalahkan atas kegagalan Steven Gerrard dkk. melaju ke perempat final. Tetapi, media dan publik Inggris juga menimpakan kesalahan kepada sang pelatih Fabio Capello. Tuntutan agar Capello didepak dari kursi pelatih pun kini mulai mengalir.

Derasnya tuntutan tersebut memaksa FA atau Asosiasi Sepak Bola Inggris memanggil Capello. Rencananya, hari ini Capello bertemu Chairman FA Sir David Richards. Nah, dari hasil pertemuan itulah akan diketahui masa depan pelatih asal Italia tersebut. Capello pun secara pribadi menolak untuk lengser. Itu bisa dimaklumi lantaran lima pekan lalu, kontraknya baru

diperpanjang hingga Euro 2012.’’Sama sekali tidak,” cetus Capello seperti dikutip Daily Mail soal desakan mundur dari publik. ’’Namun, saya ingin bicara dengan chairman, lalu memutuskan masa depan. Saya juga perlu tahu apakah FA masih percaya kepada saya atau tidak,” sambungnya. Capello makin yakin posisinya tak akan diusik setelah Managing Direc-

tor FA Adrian Bevington yang punya wewenang untuk merekomendasi serta memecat pelatih tetap memberikan dukungan. ’’Posisi kami saat ini masih konsisten dan tidak ada perubahan apa pun,” kata Bevington. ’’Tetapi, Fabio (Capello) harus bicara dengan Sir David Richards. Setelah itu, saya tidak bisa bicara lebih lanjut,” sambungnya. Sementara itu, meski FA belum

memutuskan masa depan Capello, sejumlah media terkemuka di Inggris sudah memunculkan nama-nama kandidat pelatih Three Lions –julukan timnas Inggris. Mereka, antara lain, Duncan White, Stuart Pearce (asisten Capello saat ini), Arsene Wenger (Arsenal), Roy Hodgson (Fulham), serta Harry Redknapp (Tottenham Hotspur). (jpnn/ewi)

Manuel Neuer: Bola Sudah Lewat 2 Meter

Roy Hodgson

Harry Redknapp

MANUEL NEUER FOTO AFP

KALAU saja Manuel Neuer membuat pengakuan ini saat pertandingan, mungkin wasit Jorge Larrionda akan mengesahkan gol Frank Lampard. Ya, kiper Jerman itu mengungkapkan pengakuan mengejutkan setelah pertandingan melawan Inggris Minggu malam lalu (27/6). Dia mengakui bola tendangan Lampard memang sudah melewati garis gawang. Tetapi, kiper Schalke 04 tersebut mengungkapkan bahwa saat itu dirinya melakukan akting seolah-olah bola tak menembus gawang. ’’Saya mencoba tidak melakukan reaksi apa pun kepada wasit dan hanya berkonsentrasi pada apa yang terjadi. Padahal, saya tahu bola sudah melewati garis. Saya rasa sikap itu sudah membodohi wasit sehingga dia berpikiran bahwa bola belum melewati garis,” jelas Neuer seperti dilansir Daily Mail. Kiper yang baru sembilan kali membela Der Panzer (sebutan timnas Jerman) tersebut semakin yakin setelah melihat tayangan ulang. ’’Saya lalu

melihat tayangan ulang di kantor tes doping. Ternyata, bola memang sudah melewati garis kira-kira 2 meter. Itu mestinya menjadi gol buat Inggris,” paparnya. Pengakuan tersebut makin membuat kubu Inggris dongkol. Terutama Lampard. Itu bisa dimaklumi. Sebab, jika gol itu disahkan, Inggris masih punya kemungkinan untuk terhindar dari kekalahan. Selain itu, jika tak dianulir, itu merupakan gol pertama Lampard di pentas Piala Dunia. ’’Saya rasa inilah saatnya untuk menerapkan teknologi garis gawang,” tutur Lampard. ’’Semua bisa melihat bahwa itu gol yang bisa membuat kami tampil di level permainan yang sebenarnya di babak kedua. Saya tidak akan berdiri di sini dan bilang itu sebagai alasan kami tersisih. Tetapi, jika skor menjadi 2-2 dan kami bermain seperti di babak kedua, saya yakin itu akan menjadi pertandingan yang berbeda,” sambung pemain Chelsea tersebut. (jpnn/ewi)


18

SELASA, 29 JUNI 2010

11 JUNI-11 JULI 2010

BERK AT DUA KESAL AHAN (3) ARGENTINA JOHANNESBURG – Sesuai prediksi, Argentina akhirnya harus bentrok lawan Jerman di babak perempat final. Tango – julukan timnas Argentina– memastikan lolos setelah pada laga perdelapan final kemarin dini hari WIB menyingkirkan Meksiko 3-1 (2-0). Tapi, seperti Jerman yang lolos dengan aroma kontroversi, kemenangan tim asuhan Diego Maradona itu pun dibumbui aroma sama. Ini setelah wasit Roberto Rosetti (Italia) mengesahkan gol pertama Tango lewat Carlos Tevez di menit ke-26 yang berbau offside. Lahirnya gol kontroversi itulah yang membuat mental Rafael Marquez dkk. down. Imbasnya, pemain belakang Ricardo Osorio membuat kesalahan di menit ke-33. Dia membuat blunder dengan menyodorkan bola kepada Gonzalo Higuain yang ada di dekatnya, yang kemudian sukses menaklukkan kiper Oscar Perez. Tevez mencetak gol keduanya di menit ke52. Sementara, gol hiburan Meksiko dilesakkan Javier Hernandez (71).

Pelatih Meksiko Javier Aguirre mengatakan, dua kesalahan dari wasit dan bek Ricardo Osorio menjadi pangkal terhentinya El Tri –julukan timnas Meksiko. ’’Dua kesalahan itu mengubah jalannya pertandingan secara dramatis dan drastis. Setelah itu, kami kehilangan bentuk permainan,” kata Aguirre seperti dilansir Reuters. ’’Tapi, saya tak mau berkomentar soal wasit. Kami mengalami disorientasi ketika gol kedua terjadi. Skor 2-0 untuk Argentina sudah cukup menampar kami,” keluhnya. Sementara, Tevez yang menjadi aktor utama kemenangan Tango, mengaku puas bisa membawa timnya melaju ke perempat final. ’’Diego (Maradona) meminta saya untuk bermain lebih ke depan, turun ke bawah untuk membantu pertahanan ketika dibutuhkan. Tapi, dia (Maradona) ingin saya lebih berperan sebagai striker,” kata Tevez. ’’Kami sudah membentuk tim yang fantastis dan ini sangat penting,” timpal Higuain yang sudah mengoleksi empat gol. Di sisi lain, setelah melihat per-

MEKSIKO (1) forma timnya, Maradona yakin Argentina bisa mengatasi Jerman. ’’Jerman semakin kuat, tapi kami akan menurunkan pemain-pemain yang tepat untuk mengalahkan mereka,” kata Maradona. Messi Kalah Taruhan Empat laga sudah dilakoni Argentina di Piala Dunia 2010. Namun, sejauh ini gol dari kaki dan kepala Lionel Messi belum juga tercipta. Padahal, untuk menambah motivasinya menjebol gawang lawan, Messi sempat mengajak taruhan Maradona. Sayangnya, tidak disebutkan apa bentuk taruhan tersebut. Yang jelas, Messi yakin dia bisa menjebol gawang Meksiko. Sementara, Maradona berpikir sebaliknya. ’’Saya mestinya mencetak gol malam ini (kemarin),” kata Messi kepada harian Ole setelah pertandingan seperti dilansir situs Goal. ’’Berkali-kali saya melakukan shoting ke gawang, tapi masih kurang beruntung. Mudah-mudahan saya bisa mencetak gol saat melawan Jerman,’’ papar Messi. (jpnn/ewi)

Roberto Rosetti PENGUMUMAN LELANG Nomor : 28/PAN/VI/2010 Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung akan mengadakan Lelang Umum Barang/Jasa dengan Metode Pascakualifikasi Sumber Dana APBD Pemda Kota Bandar Lampung Tahun Anggaran 2010. PAGU No.NAMA PEKERJAAN BIDANG SUB BIDANG ANGGARAN A. Pembangunan RSUD Arsitektur 1.Perumahan tunggal Rp.3.480.000.000 dan Kopel, terKota Bandar Lampung masukPerawatannya. Tahap.II 2.Bangunan-bangunan Non Perumahan lainnya termasukPerawatannya. Rp. 267.150.000 B. Pengadaan Makanan Tambahan Balita/Ibu Hamil /Lansia. I. a.

PENDAFTARAAN Pengambilan Dokumen Lelang Pascacualifikasi Tanggal : 1 Juli s/d 9 Juli 2010 Pukul : 10.00 Wib. s/d 12.00 Wib. b. Aanwizjing Kantor Hari / Tanggal : Selasa , 6 Juli 2010 Pukul. 09.00 Wib. s/d selesai. c. Batas Akhir Pemasukan Penawaran Hari / Tanggal : Senin, 12 Juli 2010 Pukul. 10.00 Wib. II. SYARAT-SYARAT PENDAFTARAAN PESERTA LELANG 1.Pendaftar dilakukan oleh Direktur/Wakil Direktur/Kuasa Direktur Perusahaan, penerima Kuasa Direktur membawa surat kuasa dibuat diatas Kop Surat, dicap Perusahaan dan bermaterai Rp. 6.000,- Penerima kuasa harus tercantum dalam akte Pendirian. 2. Menyerahkan copy data Perusahaan 1 (satu) rangkap dijilid, serta menunjukan aslinya yaitu : Akte Pendirian/Perubahannya, SIUJK/SIUP, NPWP, KTP, SBU, mempunyai Kemampuan Dasar (KD) yang cukup, semua dokumen yang diserahkan/ditunjukan harus masih berlaku. Demikian, hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan kepada panitia. Bandar Lampung, 29 Juni 2010 Panitia Lelang Barang/Jasa Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung Alamat : Jl. Drs. Warsito No. 74 Bandar Lampung Telp (0721) 482864

FOTO AFP

Mandela Bay Terancam Jadi ’’Gajah Putih’’ PORT ELIZABETH – Kekhawatiran bahwa stadion-stadion Piala Dunia 2010 akan mangkrak begitu hajatan itu rampung, sepertinya akan benar-benar terjadi. Salah satu yang hampir pasti adalah Stadion Nelson Mandela Bay, Port Elizabeth. Penyebabnya, klub yang sebelumnya bermarkas di stadion itu, Bay United Football Club, bangkrut dan dilego. Nah, pembeli klub yang berkompetisi di Premier League Afsel tersebut berasal dari luar Port Elizabeth. Karena itu, hampir pasti

markas klub juga akan pindah. Jika benar-benar terjadi, hal itu tentu menjadi kerugian besar. Sebab, pembangunan Stadion Nelson Mandela Bay yang memiliki kapasitas 42.486 tempat duduk tersebut menghabiskan dana USD159 juta atau sekitar Rp1,4 triliun. ’’Saya yakin tanpa klub profesional di provinsi ini, stadion akan menjadi ’’gajah putih’’ (tak berguna, Red),” kata Lungsi Mooi, general manager Bay United Football Club, sebagaimana dilansir

Assoicated Press. Menurutnya, tak hanya stadion yang akan mangkrak. Sekitar 30 pemain dan sepuluh staf juga akan kehilangan pekerjaan jika klub tersebut pindah ke kota lain. Stadion Nelson Mandela Bay diresmikan akhir Februari 2010. Sebelum digunakan sebagai venue pertandingan Piala Dunia, stadion itu dua kali dipakai untuk menggelar pertandingan internasional rugby. Selain untuk sepak bola dan rugby, Stadion Nelson Mandel Bay bisa

digunakan menggelar konser. Menurut Mooi, tidak banyak prospek pemasukan stadion jika tidak ada penyewa permanen. Memang ada klub rugby lokal. Tapi, itu bukan klub profesional dan tidak berlaga di kompetisi utama. Sipho Pityana, pemilik Bay United Football Club, mengatakan, mereka akan secepatnya merilis pernyataan resmi mengenai penjualan klub. Stadion Nelson Mandela Bay sudah dipakai untuk menggelar tujuh pertandingan Piala Dunia 2010. (jpnn/ewi)


19

SELASA, 29 JUNI 2010

11 JUNI-11 JULI 2010 EKSPRESI PELATIH: Ekspresi Maradona setelah Teves mencetak gol ketiga.

Wenger Beri Selamat Argentina ADA tamu spesial datang dalam laga Argentina versus Meksiko di Soccer City kemarin. Dia adalah pelatih klub raksasa Inggris, Arsenal, Arsene Wenger. Dia keluar dari pintu VIP stadion menuju mobilnya di dekat areal parkir shuttle bus. Sayangnya, Wenger tak memberi banyak waktu karena pelatih 60 tahun asal Prancis itu tergesa-gesa pulang agar tidak terjebak kemacetan. ’’Selamat untuk Argentina dan saya harap mereka bisa melaju jauh. Ok. Saya pergi dahulu,” katanya ketika hendak memasuki mobil bersama satu asisten

wanita dan satu pengawalnya. Setelah Prancis kandas pada fase grup, Wenger rupanya mengalihkan dukungannya kepada Argentina. Bukan Inggris, tempat dia melatih Arsenal selama 14 tahun terakhir. Pilihan Wenger tepat karena Inggris kandas pada babak 16 besar setelah dikalahkan Jerman dengan skor telak 1-4 beberapa jam sebelum laga Argentina kontra Meksiko. ’’Ya, saya sangat prihatin dengan hasil Inggris,’’ kata Wenger yang berada di Afsel untuk menjadi bintang tamu perusahaan apparel ternama asal Amerika. (jpnn/ewi)

FOTO F-DANI NUR SUBAGYO/JPNN

Gol Offside Bikin Panas JOHANNESBURG – Bentrok Argentina versus Meksiko di Stadion Soccer City dini hari kemarin WIB (28/6) berlangsung panas. Beberapa keributan berlangsung dalam laga yang dimenangi Argentina dengan skor 3-1 tersebut. Salah satunya seusai gol pertama Tango – sebutan Argentina– yang dicetak Carlos Tevez pada menit ke-26. Para pemain Meksiko memprotes keras gol Tevez karena menilai pemain Manchester City itu dalam posisi offside sebelum mencetak gol dengan sundulan kepalanya. Dia mendapat bola tersebut dari assist Lionel Messi. Tayangan lambat di layar raksasa stadion memang memperlihatkan Tevez berada di belakang pemain Meksiko saat menerima umpan dari Messi. Pemain Meksiko yang dipimpin

kapten tim Rafael Marquez ramairamai mengerubungi asisten wasit kedua Stefano Ayroldi asal Italia. Pemain Meksiko memprotes Ayroldi yang tidak mengangkat bendera offside kepada Tevez. Wasit Roberto Rosetti (Italia) lalu menengahinya dan meminta Marquez dkk. menjauh agar dirinya bisa berdiskusi dengan Ayroldi. Saat bersamaan, sejumlah pemain Argentina seperti Gonzalo Higuain dan Martin Demichelis adu mulut dengan pemain Meksiko. Sedangkan di bench, pelatih Argentina Diego Maradona dan tactician Meksiko Javier Aguirre saling komplain kepada ofisial keempat Jerome Damon (Afsel). Laga sempat terhenti setengah menit. Hasil diskusi Rosetti dan Ayroldi akhirnya memutuskan bahwa gol Tevez tetap sah. Keputusan

yang mengharuskan pemain Meksiko melanjutkan pertandingan dengan menahan amarah dan mental yang sudah drop. Efeknya, selang tujuh menit kemudian, Gonzalo Higuain berhasil memanfaatkan blunder bek kanan Meksiko Ricardo Osorio untuk menggandakan keunggulan Tango. Gol Higuain membuat Maradona lega. Pelatih yang sejak awal laga betah berdiri di pinggir lapangan itu bisa sejenak duduk di bench untuk minum. ’’Gol kedua sangat vital dalam proses kemenangan kami pada babak kedua. Kami makin percaya diri dan tinggal mengamankan hasil babak pertama,’’ papar Maradona dalam jumpa pers seusai pertandingan yang ditayang langsung di Media Center. Tapi, ketika ditanya tentang ke-

Polisi Berkuda Awasi Suporter Sambil mengibarkan bendera Argentina, mereka berteriak-teriak seperti orang kesetanan. Alat musik drum dipukul sekenanya. Para suporter itu tak jarang bertindak overacting di depan suporter Meksiko yang sejak keluar dari stadion lebih banyak diam. Itu membuat khawatir beberapa polisi berkuda yang memang selalu siaga di sekitar stadion setiap ada pertandingan. ”Kami khawatir terjadi keributan,” kata Khindile, polisi berkuda yang malam itu mondar-mandir mengawasi suporter Argentina. Ditanya mengenai jumlah polisi berkuda yang diterjunkan pada malam itu, pria 35 tahun yang berpangkat setara bripka di Indonesia itu menyebut sekitar seratus personel. ”Untuk pertandingan 16 besar

ROBINHO

JOHANNESBURG – Kemenangan Argentina 3-1 atas Meksiko disambut sukacita puluhan ribu pendukungnya yang nonton langsung di Stadion Soccer City Senin dini hari WIB. Mereka keluar dari stadion dengan wajah berseri-seri. Ada yang melonjak-lonjak, ada juga puluhan orang yang memukul drum sejak keluar dari stadion sampai ke jalan-jalan. Dandanan suporter Argentina rata-rata menarik perhatian. Beberapa perempuan mengecat total seluruh wajahnya dengan warna-warna bendera Argentina. Ada juga yang menggunakan wig dengan warna putih dan biru. Yang mengundang perhatian beberapa polisi berkuda adalah para suporter yang memukul alat musik drum tadi.

ini lebih banyak dari pertandingan sebelumnya. Jika sebelumnya 50an, sekarang seratus,” paparnya. Dia menambahkan, sangat mungkin pada pertandingan di babak selanjutnya (perempat final, semifinal, maupun final), jumlah pasukan berkuda itu ditambah. Polisi berkuda memang lebih praktis diterjunkan untuk mengamankan pertandingan. Sebab, banyak arus jalan di sekitar stadion yang sengaja disterilkan dari lalu-lalang kendaraan bermotor, termasuk kendaraan polisi. Yang bisa berlalu-lalang di ruasruas jalan di sekitar stadion itu hanya pejalan kaki. Agar lebih cepat menjangkau jika terjadi hal-hal yang tak diinginkan, sebagian polisi yang berjaga-jaga menggunakan kuda. (jpnn/ewi)

Robinho: Cile Lawan Berat JOHANNESBURG – Tidak ada lawan ringan pada babak 16 besar. Termasuk Cile yang akan dihadapi Brazil, Selasa dini hari nanti WIB. Brazil menilai Cile sebagai lawan tangguh. Karena itu, persiapan tim tetap maksimal. Hal itu disampaikan striker Brazil Robinho kepada wartawan, termasuk Jawa Pos (grup Radar Lampung), setelah melakukan jumpa pers di Fairway Hotel, Randpark, Johannesburg, Minggu pukul 14.00 waktu setempat (27/6). Ditanya soal peluang, Robinho tak mau menjawab. Pemain Manchester City itu mengatakan, timnya akan berusaha tampil maksimal. Selain wartawan, beberapa suporter Brazil menunggu momen untuk bisa bertemu Robinho. Ada yang minta tanda tangan. Ada pula yang membawa dua anjingnya. Yakni Andre. Pendukung dari Rio de Jeneiro itu mendandani dua anjingnya, Phenomeno dan Garzincha, dengan kostum Brazil. Sayangnya, Robinho sama sekali tak melirik Andre dan anjingnya. Ketika Andre minta foto bareng, tiga pengawal Robinho memasang barikade dan Robinho langsung masuk mobil yang akan membawanya ke penginapan. Para pemain dan tim ofisial Brazil memang tinggal di Fairway Hotel. Di hotel bintang lima itu, beberapa reporter stasiun televisi dari Negeri Samba tersebut bermarkas. Salah satunya, TV Globo. ’’Markas kami memang harus dekat dengan basecamp para pemain Brazil,” tutur Lopes Thiago, reporter televisi itu. (jpnn/ewi)

pemimpinan wasit, adrenalin Maradona meningkat. ’’Kepemimpinan wasit tidak bagus. Anda bisa lihat bagaimana Messi diperlakukan di lapangan. Pemain Meksiko tidak mengambil bola, melainkan kaki Messi,” sambung Maradona yang mempersembahkan kemenangan Argentina atas Meksiko kepada juara dunia MotoGP Valentino Rossi yang tengah cedera itu. Meksiko, seperti janjinya sebelum laga, memberi pengawalan ekstra kepada Messi. Tak jarang pemain imut jadi sasaran tackling lawan. Ketika Messi diganjal keras di pertengahan babak kedua, Maradona sangat geram. Mantan bintang Argentina pada Piala Dunia 1986 itu lalu berteriak keras kepada wasit sembari mengacungkan enam jarinya. Artinya, su-

dah enam kali Maradona menghitung, Mesi dan pemain Argentina lainnya dikasari pemain Meksiko tanpa respons dari wasit. Jika Maradona yang timnya menang geram pada wasit, apalagi Aguirre. Bedanya, Aguirre ogah berkomentar langsung pada wasit. ’’Dua kesalahan pada babak pertama harus dibayar dengan gol (kesalahan wasit mengesahkan gol Tevez dan kesalahan Ricardo Osorio, Red.),’’ kata Aguirre dengan muka bersungut. Bagi Aguirre, hasil Piala Dunia 2010 mengulang memori Piala Dunia 2002 di Jepang-Korea Selatan dengan hanya membawa Meksiko sampai babak 16 besar. Delapan tahun lalu, tim yang mengandaskan El Tri –sebutan Meksiko– adalah Amerika Serikat dengan skor 0-2. (jpnn/ewi)

BERSAMA WENGER: Wartawan Jawa Pos bersama Arsene Wenger. FOTO JPNN


21

SELASA, 29 JUNI 2010

11 JUNI-11 JULI 2010

Ikut Demam Piala Dunia ZASKIA Sungkar termasuk penikmat pertandingan sepak bola. Demi menyaksikan tim kesayangannya di lapangan hijau, dara kelahiran Jakarta, 22 Desember 1990 itu rela bergadang sampai pagi. Bersama temantemannya, putri pasangan Mark Sungkar dan Fanny Bauty itu pun kerap taruhan untuk memanaskan suasana. Anak sulung dari tiga bersaudara itu mulai menyukai sepak bola sejak menonton langsung laga Piala Eropa di Belanda delapan tahun lalu. Energi para pemain dan penonton di stadion membuatnya begitu bersemangat menyaksikan pertandingan dari awal sampai akhir. ’’Aku sempat nonton (Piala Eropa, Red) di Belanda. Seru nontonnya dan sejak itu jadi suka bola,’’ katanya. Pada Piala Dunia (PD) kali ini, dia tak ingin melewatkan setiap pertandingan, khususnya saat tim kesayangannya, Belanda dan Argentina, berlaga. Dia berharap salah satunya menjadi juara dalam ajang empat tahunan yang berlangsung di Afrika Selatan itu. ’’Tadinya jagoin Inggris juga. Tapi, Inggris sudah kalah dari Jerman,” tambahnya. Agar nonton PD lebih seru, pacar Irwansyah itu ikut taruhan dengan teman-temannya. Namun, taruhannya bukan dalam bentuk uang, melainkan makanan. ’’Taruhannya cuma main-main, becandaan saja. Seru-seruan sama teman-teman. Yang menang ditraktir makan,” imbuhnya lantas tersenyum. (jpnn/ewi)

FOTO JPNN

BERSAMA REYES: Wartawan Jawa Pos (kanan) bersama Jose Antonio Reyes (tengah).

Jagokan Messi Raih Gelar Pemain Terbaik

ZASKIA SUNGKAR

SEPANJANG karir profesional di dunia sepak bola, ada dua kekecewaan terbesar yang dirasakan oleh Jose Antonio Reyes. Yakni gagal membawa Arsenal meraih gelar Premier League dan tak masuk skuad Spanyol ketika menjuarai Euro 2008. Lalu, bagaimana perasaan dia ketika tak terpilih ke skuad Spanyol untuk Piala Dunia 2010? Berikut petikan wawancara Jawa Pos (grup Radar Lampung) dengan pemain kelahiran Utrera itu.

Dunia 2010? Saya profesional. Jadi, saya tak memikirkan itu lagi. Saya tak tahu tentang alasan pelatih (Vicente Del Bosque) tak memanggil saya. Saya tak berhak mengomentari itu.

Anda tampil lumayan bagus sepanjang musim lalu bersama Atletico Madrid. Kecewakah Anda ketika tak terpanggil ke Timnas Spanyol untuk Piala

Siapa lawan ideal bagi Spanyol pada final? Argentina atau Brazil. Tapi, saya lebih suka Argentina karena punya banyak teman di tim mereka.

Andai Anda ada di tim, apakah Spanyol bakal tampil lebih bagus? Sama sekali tak ada jaminan untuk itu. Sepak bola adalah permainan tim, bukan individu.

Sejauh ini, apa kejutan terbesar dari Piala Dunia 2010? Salah satunya adalah kemenangan besar Portugal atas Korea Utara (7-0). Juga kandasnya Italia dan Prancis. Sedangkan tim-tim besar lain belum tampil maksimal, termasuk Spanyol. Mereka (Spanyol) terlalu terbebani. Lalu, pemain yang menurut Anda akan menjadi pemain terbaik? Messi (tapi setelah ditanya lebih lanjut apakah tak ada pemain Spanyol yang bakal bersinar, Reyes menjawab Messi dan Xavi). Anda masih optimistis bisa

masuk timnas lagi mengingat Spanyol punya banyak pemain bagus yang posisinya sama dengan Anda? Yang bisa saya lakukan hanya tampil bagus dan konsisten. Selanjutnya terserah pelatih. Terakhir, bagaimana Anda melihat antusiasme penonton Indonesia terhadap Piala Dunia 2010? Luar biasa! Saya menonton laga Uruguay versus Korea Selatan di Jakarta. Awalnya, saya kira semua orang Indonesia akan mendukung Korea Selatan karena sama-sama Asia. Tapi, ternyata tidak. Pendukung Uruguay juga banyak. (jpnn/ewi)

PREDIKSI MEREKA

Laju Tango Berlanjut hingga Podium Juara BANYAK yang memprediksi 16 besar ajang sepak bola Argentina bakal keluar sebagai terakbar di dunia itu dengan kampiun Piala Dunia status juara grup B. 2010. Satu di an’’Selama fase taranya adalah Prio grup, Argentina tak Budi Utomo, wakil pernah kehilangan ketua DPRD Lampoin. Total, mereka pung Timur. mengumpulkan nilai Alasannya? ’’Arsempurna, sembilan. gentina memiliki LioSaya yakin Argentina nel Messi. Dia peakan mengungguli main terbaik di dulawan-lawannya nia. Itu dia buktikan pada babak perdedengan meraih gelar lapan final hingga fipemain terbaik Eronal,” jelasnya. pa dan pemain ter- Prio Budi Utomo Maka tak heran, baik Dunia versi FIFA di sela-sela kesibu2009. Masih pada 2009, Messi kannya, Prio Budi Utomo selalu juga terpilih sebagai most valu- menyempatkan diri menyakable player Champions Lea- sikan pertandingan Tango . gue,” terang Prio. Juga laga lainnya. Bagi Prio, Tak hanya itu. Tango – se- nonton sepak bola bisa mengbutan Argentina– tampil me- hilangkan kepenatan setelah yakinkan pada fase grup B. beraktivitas sebagai wakil rakPada laga pertama, mereka yat. ’’Saya sampai membeli mengalahkan Nigeria 1-0. Lalu, LCD proyektor agar nonton membungkam Korea Selatan. sepak bolanya lebih nyaman,” Terakhir, menundukkan Yunani ujar kader Partai Keadilan 2-0. Tango pun lolos ke babak Sejahtera itu. (wid/ewi)


22

SELASA, 29 JUNI 2010

Perpisahan Haru Hugo

Semangat Pagi Menyambut Hari PESERTA even rutin Sehat Bersama Radar Lampung pada Minggu (27/6) tampak antusias mengikuti gerakan yang diperagakan instruktur senam. Bahkan, aba-aba yang diteriakkan sang instruktur pun disambut dengan teriakan yang sama sehingga memacu semangat peserta. Itu merupakan bukti bahwa kegiatan Sehat Bersama Radar Lampung selalu diminati pembaca setia harian terbesar di Lampung ini. Ratusan peserta dari berbagai kalangan, mulai anakanak, remaja, dan orang dewasa larut dalam irama yang mengiringi gerakan senam. Mereka begitu antusias mengikuti setiap gerakan senam. Seperti berdiri di atas panggung, kaki belakang diangkat, serta putar ke kanan dan kiri.

FOTO -FOTO OKTA KUSUMA JAYA

Terik mentari pagi tak menghalangi para peserta untuk menggerakkan tubuhnya. Tujuan me-

reka adalah membentuk tubuh yang sehat dan bugar. Apalagi, Radar Lampung memanjakan

mereka dengan beragam doorprize menarik. Beberapa hadiah itu merupakan hasil kerja sama dengan para sponsor. Hal tersebut sebagai apresiasi bagi peserta yang hadir. Beberapa sponsor yang mendukung gelaran ini adalah Telkomsel, Suzuki, Hotel Sheraton Lampung, Coca-Cola, Oz 94,4 FM Lampung, Radar TV, Yellow Fashion Bambu Kuning, Yamaha, Tenda Dekor, dan dr. Rodhy Clinic. Bagi peserta senam yang belum beruntung mendapatkan hadiah, jangan lewatkan acara ini Minggu depan. Seperti biasa diingatkan, jangan lupa membawa guntingan kupon yang bisa didapatkan di Radar Lampung setiap harinya. Sampai jumpa pada senam jantung dan aerobik Minggu depan... (okj/kyd/tru)

SURABAYA – Empat jempol tak akan cukup diberikan kepada Hugo the Hornet. Maskot New Orleans Hornets itu membuat hari terakhirnya di NBA Madness Presented by Jawa Pos, Minggu (27/6), menjadi momen yang benar-benar tak terlupakan. Semangat Hugo dalam memberikan yang terbaik untuk penggemar membuat suasana venue di atrium Supermal Pakuwon Indah (SPI) Surabaya tak hanya berisi tawa dan kegembiraan. Namun, juga nuansa haru. Hugo tampil sejak pukul 14.00 WIB dalam wujud Super Hugo untuk menjadi juri Jawa Pos Slam Dunk Contest. Kemudian baru pada penampilan keduanya, Super Hugo habis-habisan memuaskan penggemar yang ingin melihat kemampuannya nge-dunk. Selama sesi itu, empat kali dia nombok. Sejak pertama, para pengunjung NBA Madness sudah terkesima pada dunk indah maskot kekar itu. Misalnya, pada dunk heboh kedua dan ketiga. Pada dunk kedua, Hugo memantulkan bola ke papan ring, menangkapnya, kemudian nge-dunk. Untuk yang ketiga, Hugo menekuk kaki ke arah kanan sebelum melesakkan bola ke ring. Sorakan penonton pun semakin membahana. Melihat antusiasme penonton, semangat Super Hugo pun makin membubung. Dia ingin membuat dunk terakhirnya benar-benar spesial. Sang maskot meminta Azrul Ananda berdiri di depan ring sambil mengangkat tangan ke atas untuk memegang bola. Super Hugo kemudian melakukan front flip dunk. Dia berlari, melompat dengan bantuan trampolin, mengambil bola dari tangan Azrul, kemudian salto ke depan sebelum nge-dunk. Boom! Bola masuk dengan sukses ke dalam keranjang. Sayangnya, pendaratan Super Hugo tak berjalan mulus. Begitu kakinya menyentuh matras, tubuhnya oleng ke kanan lalu terjatuh. Super Hugo kemudian menunjukkan gerakan kesakitan dan membuatnya harus dipapah ke ruang ganti oleh panitia. Melihat apa yang terjadi pada Super Hugo, banyak fans yang ikut menjerit. Banyak pula yang menanyakan apa yang terjadi kepada sang maskot yang telah membuat banyak orang jatuh cinta itu. ’’Aku mau lihat Super Hugo! Kakinya kenapa? Jalannya kok pincang? Super Hugonya sakit ya?” tanya Michelle Aurelia, pelajar kelas 5 SD Santo Carolus Surabaya, kepada panitia dari samping dinding ruang ganti. Wajar jika banyak penonton bertanya-tanya. Sebab, setelah kejadian itu, Hugo dijadwalkan tampil satu kali lagi. Dia juga akan membagikan tanda tangan

FOTO DITE SURENDRA/JPNN

MENDEBARKAN: Super Hugo bersalto sesudah mengambil bola dari tangan Azrul Ananda. Setelah aksi ini, lutut sang maskot cedera.

dan foto bersama penggemar dalam autograph session. Mereka tentu tak ingin terjadi apa-apa pada maskot berwujud lebah warna ungu-teal itu. Menjelang jadwal penampilan ketiga Hugo, Azrul Ananda mengumumkan kepada pengunjung apa yang terjadi pada sang maskot. ’’Hugo cedera lutut dan sempat mendapat perawatan di belakang panggung,” katanya. Namun, cedera itu tak menyurutkan semangat Hugo untuk memuaskan penggemar. Dia tetap tampil, tapi hanya untuk membagikan tanda tangan. ’’Dia seharusnya tidak boleh tampil lagi. Tapi, dia memaksa tampil,” kata Azrul. Hugo kemudian keluar dari ruang ganti dengan digandeng Wali Kota Surabaya terpilih, Tri Rismaharini. Tungkai kanannya terlihat sedikit bengkak dan jalannya masih tertatih- tatih. Dia melambai-lambaikan tangan. Melihat ketegaran Hugo itu, sontak seluruh pengunjung NBA Madness bertepuk tangan. Seperti mendapat kekuatan baru dari dukungan fans, Hugo langsung tampak sehat begitu sampai di tengah lapangan. Dia kembali bergaya centil dan menyapa penggemar dengan menggoyang-goyangkan perut gendutnya. Dalam kesempatan itu, Hugo juga menyerahkan kenang-kenangan berupa sepatu yang di-

pakai Super Hugo saat nge-dunk kepada Azrul Ananda. Setelah itu, Hugo duduk di kursi untuk autograph session, Hugo langsung bergaya. Dia mengangkat tangan dan kaki, kemudian menyongsong ratusan penggemar yang sudah antre untuk mendapatkan tanda tangan. Saat meminta tanda tangan, tak sedikit fans yang mengucapkan ’’cepat sembuh” atau ’’get well soon” kepada Hugo. Lagu Strong Will Continue dari Nas dan Damian Marley yang diputar di atrium membuat suasana semakin haru. Seperti ingin benar-benar memuaskan fans, dia masih berusaha berjalan ke beberapa sudut lapangan untuk melemparkan merchandise New Orleans Hornets kepada pengunjung NBA Madness. Setelah seluruh hadiah yang dibawanya habis, barulah Hugo berjalan kembali ke ruang ganti. Di tengah jalan menuju ruang ganti, tiga fans, Triharto Banjaransakti, Nugroho Darmawan Indraputra, dan Putu Gde Kamajaya, menantinya. Mereka membentangkan karton berwarna teal bertulisan tinta emas Get Well Soon Hugo. Melihat penggemarnya itu, Hugo berhenti sejenak, kemudian mengusap matanya, menunjukkan bahwa dia terharu. Setelah itu, barulah Hugo masuk ruang ganti dan mengucapkan farewell kepada Surabaya. (jpnn/ewi)


23

SELASA, 29 JUNI 2010

Rivalitas di Daftar Pencetak Gol BANDARLAMPUNG – Liga futsal The Dome Sunday League 2010 yang berlangsung di The Dome Sports Arena tak hanya menyuguhkan persaingan sengit di klasemen sementara. Seperti yang terjadi di grup B. Hingga laga keempat, tiga tim teratas samasama mengantongi 12 poin. Yakni Subanus yang menempati peringkat pertama, Belut (kedua), dan Pelindo II (ketiga). Ketiganya hanya dipisahkan selisih gol. Lalu di grup A, BKP yang berada di posisi pertama patut

mewaspadai Pahoman United (kedua) dan Victory (ketiga). Pasalnya, BKP hanya unggul dua poin dari kedua tim itu. Rivalitas juga tersaji di daftar pencetak gol. Sejauh ini, gelar pemain subur disandang oleh Niko Aditya Rahmawan asal Belut. Dia mengoleksi 14 gol. Namun, posisi Niko belum aman. Bisa saja Matalkah (Baja) menggusurnya. Mantan pemain PSBL itu sudah melesakkan 13 gol. Jadi hanya terpaut satu gol. Di posisi ketiga ada pemain Subanus Dwi Redianto

yang membukukan 12 gol. ’’Persaingan sengit tak hanya terjadi di klasemen. Kondisi serupa juga terjadi di daftar pencetak gol,” ujar Rommy Purnomo, pimpinan The Dome Sports Arena, kemarin. Dari lanjutan The Dome Sunday League 2010, Minggu (27/6), BKP menundukkan Bhayangkara 7-6. Kemenangan itu mengan-

tarkan mereka ke puncak klasemen sementara grup A dengan torehan 12 angka. ’’Terus terang, saya sangat senang dengan kemenangan ini. Apalagi, kini kami berada di puncak klasemen sementara. Saya berharap tren positif ini berlanjut sampai akhir liga,” ujar Manajer BKP Syaiful. Di laga lain grup A, PLN menang atas Velo City 9-2. Baja membungkam Estyadio 6-3. I Bianconeri menaklukkan Estadio 13-2. Nestle mengalahkan Traktor 9-4. Lampung City menundukkan BPN 9-8.

Telkomsel menang atas Jupiter 8-3. Pahoman United bermain imbang lawan UT Victory 7-7. Dari grup B, Subanus memukul Mataram 16-2. Blue Fire menang atas Bukit Asam 8-3. Pelindo mengandaskan perlawanan Ayam Ras 12-2. Rembang mengalahkan BMPD 5-4. Belut membungkam Flexi 5-2. Full Cherry menaklukkan Garuda Food 10-7. BKJ menang atas Aneka Jaya 7-4. Kemudian BRI Bandarjaya bermain imbang 4-4 saat berjumpa Galaxi. (jar/ewi)

ARENA

Libala IX Kembali Bergulir 7 Juli PERTANDINGAN Libala IX biasa bergulir pada Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu di Stadion Pahoman. Namun, untuk pekan ini tak ada jadwal laga. Pasalnya, sejak Minggu– Selasa (27–29/6), Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bandarlampung memasuki masa tenang. Besok (30/6), warga menyalurkan hak pilihnya. ’’Laga divisi utama, satu, dan dua kami istirahatkan sementara karena pekan ini memasuki masa tenang kampanye. Selain itu, pada 30 Juni 2010, kita akan menyalurkan hak pilih dalam Pilkada Bandarlampung,” Rudy Ch. Anwar, pengawas pertandingan Libala IX, kemarin. Kompetisi sepak bola terakbar di Bandarlampung itu akan kembali bergulir 7 Juli 2010. ’’Mulai 7 Juli 2010, Libala kembali bergulir,” tambah Rudy. (jar/ewi)

FOTO FAJAR

ALL OUT: Penampilan karateka pada ajang O2SN SMP tingkat Lampung kemarin.

Valentino Rossi

Rossi Comeback di Brno

KKI DOMINASI PEROLEHAN EMAS BANDARLAMPUNG – O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional) SMP tingkat Lampung telah merampungkan cabang karate kemarin. Hasilnya, Perguruan KKI (Kushin Ryu M Karate-Do Indonesia) mendominasi perolehan medali emas. Mereka meraih tiga emas. Masing-masing dipersembahkan Dennis Akbar Kibrani yang tampil di kata perorangan

putra, Della Sabarina (kata perorangan putri), dan Nur Hikmah (kumite bebas putri). Dennis membawa bendera KKI Tanggamus. Dennis mengalahkan Ragil Ranggata (KKI Bandarlampung) pada final. Dengan demikian, Ragil merebut perak. Perunggu jatuh ke tangan Andyka Kusuma (KKI Lampung Utara) dan Ricko (Inkai Metro).

Sementara, Della yang berasal dari KKI Bandarlampung mengungguli Kanida Mega (Inkai) Metro pada partai puncak. So, Kanida harus puas dengan perak. Berikutnya perunggu disabet Nur Hikmah (KKI Lampura) dan Sena Dwi Ardiani (KKI Tulangbawang) Kemudian Nur Hikmah yang membela KKI Lampura membawa pulang emas setelah menang atas

Della Sabarina (KKI Bandarlampung) pada final. Kekalahan itu berujung perak bagi Della. Kanida Mega (Inkai Metro) dan Atsania Rachmatunnisa (Inkanas Waykanan) memperoleh perunggu. Cabang yang berlangsung di GOR Saburai itu juga mempertandingkan kumite bebas putra. Emas di nomor itu jatuh ke tangan Gusman Wijanarko (Inkai Lampung Selatan).

Pada partai puncak, dia menang atas Bagun Fadsuriansyah (Lemkari Lampung Timur). Menyusul hasil itu, Bagun mendapat perak. Perunggu diraih Rahmat Rinaldi (Lemkari Tuba dan Rizki Ramadhan (Inkai Lampung Barat). Koordinator pertandingan Reni Aprianti berharap perguruan karate di masing-masing kabupaten/kota makin giat melakukan pembinaan. (jar/ewi)

Pelatda Berjalan Mulai Juli BANDARLAMPUNG – KONI Bandarlampung akan melaksanakan pelatihan daerah (pelatda) berjalan mulai awal Juli hingga pertengahan Sepetember 2010. Demikian hasil rapat koordinasi antara Satgas Porprov VI KONI Bandarlampung dan pengurus 13 cabang olahraga kemarin. Ke-13 pengurus, antara lain, PSSI, Forki, PSTI, Pelti, PGSI, PJSI, Percasi, IPSI, TI, PBVSI, PBSI, PASI, dan PTSMI. Pengurus Perbasi dan Perkemi tak hadir dalam acara yang berlangsung di

ruang rapat KONI Bandarlampung itu. ’’Kesimpulan rapat koordinasi adalah pelatda berjalan kontingen bayangan Bandarlampung untuk Porprov (Pekan Olahraga Provinsi) VI pada Desember 2010 di Tulangbawang akan dimulai awal Juli dan berakhir pertengahan September 2010,” kata Ketua KONI Bandarlampung Hi. Drs Margono Tarmudji. Selain itu, lanjut Margono, KONI akan menyiapkan uang transport dan konsumsi bagi atlet

serta pelatih selama mengikuti pelatda berjalan. Hal itu dibenarkan Rusli, ketua Satgas Porprov VI KONI Bandarlampung. ’’KONI juga juga akan memberikan bantuan perlengkapan habis pakai seperti bola,” bebernya. Margono berharap pelatda berjalan menghasilkan prestasi manis pada Porprov nanti. Apalagi kalau bukan gelar juara umum. Bandarlampung memang memasang target menjadi nomor satu pada pesta olahraga terakbar di Lampung itu. (jar/ewi)

Persaingan Menggaet LeBron

LeBron James NEW JERSEY – Teka-teki masa depan LeBron James menjadi topik paling diminati seputar NBA saat ini. Menjelang penentuan status free agent pada 15 Juli 2010, LeBron masih tutup mulut dan belum memberikan pertanda apa pun. Tak heran, berbagai spekulasi muncul.

Dalam kondisi seperti itu, timtim yang berambisi mendatangkannya yang sibuk. Mereka mencari berbagai cara untuk membuat LeBron tertarik. Salah satunya seperti yang dilakukan New Jersey Nets. Berdasar laporan ESPN, Nets sudah mendekati beberapa bintang

besar NBA yang juga menghadapi status free agent untuk bergabung di musim depan. Dalam daftar, ada nama Dwiyane Wade (Miami Heat) dan Chris Bosh (Toronto Raptors). Nets melakukan beberapa pertemuan terpisah untuk berdiskusi dengan keduanya untuk kemungkinan bergabung. Usaha Nets itu memberi sinyal mencari pendamping jika LeBron benar-benar datang. Sebab, sebelum bertemu dengan Wade dan Bosh, Nets akan bertemu dengan LeBron lebih dulu di Akron, Ohio. Laporan ESPN menyebutkan, Wade dan Bosh juga didekati New York Knicks. Knicks juga segera bergerak mendekati LeBron pekan ini. LeBron memang sudah menjadi bidikan utama Knicks bahkan sebelum play-off 2010 berlangsung. Langkah lebih agresif dilakukan Nets yang musim lalu terdampar di posisi terbawah wilayah timur itu untuk mendapatkan LeBron. Untuk mendekati LeBron, mereka membentuk tim yang dipimpin pemilik klub Mikhail Prokhorov, pelatih anyar Avery Johnson dan Presiden tim Rod Thorn. Bahkan, kabar terbaru, Nets akan merekrut orang nomor satu di USA Basketball Jerry Colangelo, masuk dalam tim. Belum ada keterangan resmi mengenai posisi apa yang akan ditempati Colangelo. Tapi yang jelas, berdasarkan rilis ESPN, Colangelo siap menerima panggilan Prokhorov. Rumornya, dia akan menggantikan posisi yang ditempati Rod Thorn. ’’Jika saya mendapat panggilan, saya akan mengambilnya. Saya tak perlu melakukan apa pun, tak mencari apa pun, tapi jika situasinya tepat dan sesuai dengan kriteria saya, saya akan mendengarnya,” ujar Colangelo pada ESPN. (jpnn/ewi)

GPC

TIGA pekan sudah Valentino Rossi menjalani masa pemulihan cedera patah kaki kanan yang diderita. Juara bertahan MotoGP itu sudah tak sabar segera kembali ke lintasan untuk berlatih. Hal itu sekaligus akan membuktikan kabar positif dari proses penyembuhan yang didapatnya. Rossi sudah mengincar waktu yang tepat untuk kembali berlomba dan meneruskan usaha mempertahankan gelar. Pembalap Italia yang memperkuat Fiat Yamaha itu berharap dapat kembali berlomba di ajang MotoGP saat GP Republik Ceko di Sirkuit Brno. GP tersebut akan berlangsung pada 15 Agustus atau lebih dari enam pekan mendatang. Dalam sebuah kesempatan jumpa pers, Rossi mengaku puas dengan kecepatan pulihnya kesehatan fisiknya. Dia memang lebih banyak beristirahat dan berkonsentraspada pemulihan setelah dua kali operasi tulang kaki kanan. Cedera itu didapatnya saat menjalani sesi latihan di GP Italia, tiga pekan lalu. ’’Sejak beberapa hari ini, saya sudah bisa menjejakkan kaki lagi,” kata Rossi. ’’Sejujurnya, saya tidak menyangka dapat merasa lebih baik ini hanya beberapa minggu setelah kecelakaan. Saya senang bisa pulih secara fisik mau pun semangat,” ucap pembalap 31 tahun itu. Rossi mengakui sedang memulihkan otot-ototnya, terutama pada bagian atas tubuhnya. Tak urung, dia pun merasa senang sudah mulai berlatih di gym. ’’Sayangnya, bahu saya merasa sakit namun saya melatih otot saya untuk mengurangi rasa sakit itu,” katanya. ’’Jika pemulihan berjalan lancar, saya ingin segera kembali ke GP ceko di Brno,” ungkapnya. (jpnn/ewi)


24

SELASA, 29 JUNI 2010

11 JUNI-11 JULI 2010

Tentukan Masa Depan Bradley

BOB BRADLEY

JOHANNESBURG – Setelah tersingkir pada babak 16 besar Piala Dunia 2010, Amerika Serikat (AS) langsung menatap masa depan. Hal pertama yang mereka lakukan adalah menentukan posisi pelatih dalam waktu dekat. Presiden USSF (Federasi Sepak Bola AS) Sunil Gulati akan segera bertemu dengan pelatih AS saat ini, Bob Bradley. Tujuannya adalah mendiskusikan masa depan Bradley setelah gagal membawa timnya lolos ke perempat final. Dalam hal ini, Gulati dan USSF seperti hanya akan mengikuti keinginan Bradley, yakni menyetujui perpanjangan kontrak empat tahun atau keluar. ’’Kami akan duduk dan berbicara. Jika kami membawa pulang trofi, itu akan lebih mudah mengambil keputusan. Tapi, situasinya bukan seperti

itu,’’ ungkap Gulati seperti dilansir Reuters. Gulati mengungkapkan, Bradley sudah melakukan tugasnya dengan baik sejak menangani tim pada 2006. USSF menilai tim AS saat ini mendapatkan peningkatan dibanding ketika masih dilatih Bruce Arena di Piala Dunia 2006. Gulati tak akan terkejut jika Bradley memilih tetap menangani tim untuk empat tahun mendatang. ’’Mungkin, dia menginginkan tantangan yang berbeda, saya tak tahu,’’ ungkap Gulati. Meski demikian, Gulati tak akan ambil pusing jika Bradley ingin meletakkan jabatannya. Gulati yakin jabatan tersebut akan membuat banyak orang tertarik. Sejauh ini, dia tak berpikir akan menggunakan jasa pelatih dari negara lain untuk menangani tim AS. ’’Bukan rencana saya untuk melakukan pembicaraan dengan orang lain sebelum berbicara dengan Bob. Bob adalah pelatih kami dan dia tetap menjadi pelatih kami hingga akhir tahun. Kami akan menunggu enam bulan hingga membuat keputusan,’’ papar Gulati. Perjalanan AS menjadi juara grup C hingga ke babak 16 besar memunculkan euforia baru bagi sepak bola AS. Meski akhirnya tersisih oleh Ghana, Landon Donovan dkk. menunjukkan mampu bersaing dengan tim-tim terbaik di dunia. ’’Hasil yang berbeda-beda adalah hal yang terbaik yang kami dapat dan sangat banyak emosi yang bercampur. Saya pikir, kami telah mampu mengembalikan posisi kami,’’ papar Gulati. (jpnn/ewi)

FOTO EDDIE KEOGH/REUTERS

LEWATI GARIS GAWANG: Kiper Jerman Manuel Neuer gagal menghalau tendangan Frank Lampard (Inggris). Kendati bola sudah melewati garis gawang, wasit tak mengesahkan gol itu.

FIFAAntiteknologi Abaikan Blunder Wasit JOHANNESBURG – Korps baju hitam berperan besar dalam proses tereliminasinya Inggris dan Meksiko dari 16 besar Piala Dunia 2010. Wasit Jorge Larrionda dari Uruguay tidak mengesahkan gol kedua Inggris yang dicetak Frank Lampard, padahal bola sudah masuk gawang. Sebaliknya, wasit andalan Italia Roberto Rosetti mengesahkan gol pertama Argentina yang dicetak Carlos Tevez dari posisi offside. Dua insiden itu sesungguhnya hanya puncak dari kontroversi yang diciptakan wasit selama even berlangsung. Sebelumnya, sudah banyak keputusan, baik berupa kartu maupun penalti yang mengundang perdebatan. Sayangnya, FIFA sebagai penanggung jawab turnamen ogah berkomentar soal kesalahan dua pengadil papan atas tersebut. ’’Kami tidak akan membuka perdebatan soal apa yang terjadi dalam dua pertandingan itu,” kata Nicolas Maingot, juru bicara FIFA, seperti dikutip Associated

Press. ’’Ini bukan tempat untuk membahas hal-hal semacam itu,” lanjutnya. Kesalahan yang dibuat dua wasit dalam semalam itu meningkatkan tuntutan atas penggunaan teknologi garis gawang. Misalnya, kamera atau PIN yang dipasang di bola. Itu sudah dibahas dalam pertemuan tahunan FIFA dengan badan perancang peraturan sepak bola se-Inggris Raya (IFAB) Maret silam. Namun, Presiden FIFA Sepp Blatter yang menghadiri kedua laga bermasalah itu langsung mengulangi penolakannya terhadap penggunaan teknologi di lapangan. ’’Sudahlah, biarkan saja seperti adanya. Biarkan sepak bola dengan segala kesalahan manusiawinya,” kata Blatter. ’’Olahraga lain biasanya mengubah aturan permainan untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi. Kami tidak melakukannya serta justru itulah yang membuat sepak bola tetap menarik dan populer,” lanjut kakek 74 tahun asal Swiss tersebut. Selain mempertahankan sisi kemanusiaan dalam pertandingan sepak bola, alasan

Blatter menolak teknologi adalah faktor ekonomi. Menurut dia, butuh banyak uang untuk mengoperasikan alat-alat canggih di lapangan. Padahal tidak semua negara atau liga punya cukup dana. ’’Apalagi, teknologi macam apa pun yang diterapkan, toh keputusan akhirnya tetap di tangan manusia. Mungkin saja teknologi berperan, tapi apa yang harus terjadi di lapangan tetap menjadi wewenang wasit,” lanjut Blatter. Bahkan, saking antinya terhadap penggunaan teknologi di lapangan, FIFA menyatakan bakal menyensor tayangan ulang yang diputar layar raksasa di stadion ketika pertandingan masih berlangsung. Dalam laga Argentina versus Meksiko, replay dari layar raksasa yang dipasang di dus sisi Stadion Soccer City, Johannesburg, menunjukkan kejadian sebenarnya yang dilewatkan wasit. Yakni ketika Tevez dalam posisi offside ketika menerima bola. Akibatnya, pemain hampir bentrok di lapangan. Suporter Meksiko juga tak henti-hentinya menghujat wasit.

’’Pemutaran ulang (replay) layar raksasa di dalam pertandingan adalah kesalahan besar. Itu seharusnya tidak terjadi,” ucap Maignot kepada Reuters. ’’Replay bolehboleh saja ditayangkan, tapi bukan saat terjadi situasi kontroversial. Kami akan mengevaluasi hal ini dan akan lebih ketat di pertandingan berikutnya,” paparnya. Tanggung jawab mengoperasikan layar raksasa di sepuluh stadion host PD ada di tangan panpel lokal yang diketuai Danny Jordaan. Namun, pihak panpel sudah memberitahukan aturan penayangan kepada tim broadcasting. Juru bicara panpel Jermaine Craig juga mengaku sudah menegur teknisi yang bertugas kala itu. ’’Selama ini penayangan berjalan lancar. Hanya tadi malam (Minggu malam, Red) itu salah besar. Ini tidak boleh terjadi lagi,” tegasnya. ’’Layar raksasa sebenarnya lebih berfungsi hiburan. Yakni mengulang momen menyenangkan seperti gol atau peluang-peluang. Bukan untuk menayangkan insiden kontroversial yang justru kontraproduktif dengan kerja wasit di lapangan,” paparnya. (jpnn/ewi)


25

SELASA, 29 JUNI 2010

Panwas tak Mampu Tertibkan Atribut

FOTO DINA PUSPASARI

MENGHANGAT: Tim pemenangan pasangan calon wali kota-wakil wali kota Bandarlampung Kherlani-Heru Sambodo (Khado) saat melaporkan dugaan black campaign yang ditujukan ke calon yang mereka dukung ke panwas kemarin.

Mantab Harapkan Pilkada Jujur BANDARLAMPUNG – Hari pemungutan suara pilkada di Bandarlampung tinggal sehari lagi. Pasangan calon wali kota-wakil wali kota Bandarlampung Herman H.N.-Tobroni Harun (Mantab) akan mencoblos di tempat yang berbeda. Herman H.N. dan istrinya Eva Dwiana akan mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 8 Kelurahan Palapa, Tanjungkarang Pusat. Nomor urut Herman H.N. yakni 299, sedangkan Eva 300. Sementara, Tobroni Harun dan sang istri akan mencoblos di TPS 7 Kelurahan Segalamider, Tanjungkarang Barat (TkB). Sayangnya,

pihak Tobroni tidak ada yang bisa dimintai keterangan tentang persiapannya menjelang pencoblosan. ’’Bapak dan ibu sedang ada rapat dengan para saksi,” kata keluarga Tobroni yang tak menyebutkan namanya kemarin. Saat ditanyakan wartawan koran ini tentang kesiapan menghadapi hari pencoblosan, Bunda Eva (panggilan Eva Dwiana) mengatakan bahwa dirinya dan suami hanya meminta doa dari ibuibu majelis taklim serta seluruh warga Bandarlampung agar diberikan kesehatan fisik serta mental agar dapat mencoblos pada tanggal 30 Juni mendatang.

’’Mudah-mudahan dengan pilkada damai, jujur, dan adil, masyarakat dapat mendoakan yang terbaik dari yang baik. Serta selalu mendoakan kami agar selalu dilindungi Allah Swt,” kata Eva saat ditemui di rumahnya kemarin (28/6). Eva menambahkan, dalam pelaksanaan pilkada besok diharapkan tak ada kecurangan. Sehingga hasil pilkada nanti benar-benar berkualitas dan demokratis. Ia juga meminta dukungan kepada semua pihak agar dirinya bisa menerima apa pun hasil pilkada nanti. ’’Semoga kami kuat apa pun hasilnya nanti,” tambah Eva. (hsb/een)

Tim Khado Tingkatkan Kewaspadaan BANDARLAMPUNG – Tim sukses pasangan wali kota-wakil wali kota Bandarlampung Kherlani-M.W. Heru Sambodo (Khado) memastikan terus waspada dengan mengawal 1.450 tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Bandarlampung. Wakil Koordinator Bidang Pencitraan Khado, One Sony Eriko, mengatakan bahwa kewaspadaan mereka dimulai dari proses pencoblosan hingga

perhitungan. ’’Dari tingkatan kelurahan sampai kecamatan, kami sudah perintahkan seluruh tim sukses untuk mewaspadai adanya kecurangan,” ujarnya kepada Radar Lampung kemarin. One menerangkan, para tim sukses pasangan Khado juga sudah diberikan pengarahan di Rumah Perjuangan Khado. ’’Kita sudah paparkan apa saja yang harus diwaspadai. Mereka juga diperintahkan untuk tetap mengaktifkan alat komunikasi

yang dibawa masing-masing agar komunikasi antartim sukses tetap terjaga,” katanya.Lebih jauh One memaparkan, pada waktu pencoblosan besok, Kherlani dan M.W. Heru Sambodo bakal mencoblos di tempat yang berbeda. Kherlani akan menggunakan hak pilihnya di TPS 8 Kelurahan Pahoman, Kecamatan Telukbetung Utara. Sementara Heru Sambodo di TPS 5 Segalamider, Tanjungkarang Barat. (whk/een)

Seluruh Daerah Rawan Konflik Pilkada BANDARLAMPUNG – Ancaman kerusuhan akibat konflik politik pada pilkada di empat kabupaten dan dua kota di Provinsi Lampung patut diwaspadai. Tak ada daerah yang dinilai aman. Semua berpotensi menimbulkan peristiwa, korban, hingga kerugian material. Demikian penegasan Kapolda Lampung Brigjen Pol. Drs. Sulistyo Ishak, S.H., M.Si. dalam apel kesiapan pasukan Operasi Mantap Praja Krakatau 2010 dalam menjaga situasi kamtibmas menjelang pilkada. Apel berlangsung di halaman Mapolda Lampung kemarin (28/6). ’’Semua berpontensi konflik. Tidak ada daerah yang kami nilai aman. Ini hajat demokrasi yang menguras energi dan tenaga. Maka, semua pihak diharapkan dapat menjaga emosi, lebih dewasa dalam menanggapi semua persoalan yang timbul,” tegasnya. Belajar dari peristiwa di berbagai tempat di Indonesia, sambung mantan Kadivhumas Mabes Polri itu, Polda Lampung berupaya mengerahkan seluruh kemampuan dan peralatan yang dimiliki dalam menciptakan situasi tetap terjaga. Operasi Mantap Praja Krakatau, sambung jenderal bintang satu itu, dilakukan 27 Juni sampai 25 Juli 2010 dengan pola operasi pemeliharaan keamanan yang mengutamakan pencerahan dan pencegahan. Operasi tersebut melibatkan 3.663 personel Polri, 396 personel TNI on call, dan 19.874 linmas dengan jumlah TPS (tempat pemungutan suara) sebanyak 9.409 yang tersebar di dua kota dan lima kabupaten. ’’Operasi mengedepankan fungsi preemtif dan preventif yang didukung fungsi represif dalam rangka penegakan hukum manakala terjadi tindakan pelanggaran dan kejahatan pemilu,” terangnya. Dalam apel tersebut, Kapolda menekankan beberapa poin. Salah satunya kepada anggota yang akan berangkat ditugaskan ke daerah diharapkan dapat menguasai bidang tugas dan melaksanakan tanggung jawab dengan mengedepankan profesionalitas Polri. ’’Maksimalkan tugas dan fungsi, jaga netralitas agar pilkada dapat terselenggara dengan aman,” pungkasnya. (ful/een)

FOTO DINA PUSPASARI

UNTUKTPS: Kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) mulai mendirikan tenda untuk dijadikan Tempat Pemungutan Suara (TPS) 05 Lk. I Labuhanratu, Kedaton, kemarin.

Esha Siapkan Tim Monitoring BANDARLAMPUNG – Pasangan calon wali kota-wakil wali kota Bandarlampung Eddy Sutrisno-Hantoni Hasan (Esha) mengucapkan terima kasih atas partisipasi, dukungan, serta kerja keras para relawan, parpol pengusung, khususnya masyarakat yang telah membantu menjaga ketertiban selama masa kampanye. Pasangan ini meminta kepada masyarakat dan elemen terkait untuk waspada dan tidak mudah terhasut isu negatif yang bersifat black campaign yang berniat menjatuhkan pasangan Esha dan pasangan lain. ’’Terima kasih atas eksistensi, dukungan, serta kepedulian masyarakat Bandarlampung dalam menjaga stabilitas keamanan selama masa kampanye. Pilkada damai harus tercipta, rasa aman dan nyaman masyarakat adalah yang utama,” ujar Eddy Sutrisno kepada Radar Lampung kemarin (28/6). Khusus untuk persiapan memasuki

pemungutan suara, Ketua Tim Pemenangan Esha, Budiman A.S., menegaskan bahwa pihaknya telah menyiapkan 1.450 saksi yang disebar di seluruh TPS (tempat pemungutan suara) yang ada di 13 kecamatan. Jumlah tersebut, sambung ketua DPRD Kota Bandarlampung itu, belum termasuk tim monitoring dari parpol pengusung. Instruksi, termasuk arahan, telah diberikan pada koordinator masing-masing parpol. Tugas dan fungsinya lebih pada pengawasan jalannya pemungutan suara. ’’Tim monitoring tidak akan mengganggu jalannya pemungutan suara, termasuk ketika ada konflik dalam TPS. Relawan yang disebar hanya bersifat memonitor dan merangkum adanya temuan yang merugikan pasangan Esha,” imbuhnya. Menanggapi munculnya beberapa rumor miring yang dikaitkan pasangan Esha, menurut Budiman, hal tersebut

adalah dinamika demokrasi. ’’Isu itu memang ada. Kami hanya menanggapinya dingin. Masyarakat sudah pintar. Sekarang kita kembalikan kepada masyarakat yang menilai. Saya yakin masyarakat paham track record pasangan Esha,” tegasnya. Senada diutarakan Ali Sopian, ketua tim relawan Esha. Ia menegaskan, isu yang bersifat black campaign Esha, seluruhnya tidak benar dan mengadaada. ’’Memantapkan koordinasi, menjaga pilkada tetap aman dan nyaman adalah tugas serta fungsi pokok yang harus diciptakan. Sejauh ini, isu itu bisa ditangkal,” jelasnya. Untuk diketahui, dalam pemungutan suara nanti, Eddy Sutrisno dijadwalkan melakukan pencoblosan surat suara di TPS 13 yang terletak di Jl. Griya Persada, Wayhalim, Kedaton. Sementara Hantoni Hasan akan melakukan pencoblosan di TPS 6 Gunungterang, Tanjungkarang Barat. (ful/een)

BANDARLAMPUNG – Panwas dan Pemkot Bandarlampung terkesan tidak mampu menjalankan tugasnya di masa tenang sejak Minggu (27/6) hingga hari ini (29/6). Buktinya, panwas menyerah dan memutuskan untuk tidak menertibkan atribut dan alat peraga calon di masa tenang. Ketua Panwas Pilkada Bandarlampung Dadang Priyatna mengatakan bahwa pihaknya dan pemkot telah berkoordinasi terkait penertiban atribut. Hasilnya, dua lembaga ini menyepakati penertiban atribut dilakukan hari ini (29/6), dimulai pukul 14.00 hingga 17.00 WIB. Diketahui, pilkada dilakukan besok (30/6). ’’Dimulai siang hari karena pada pagi harinya ada rapat koordinasi tentang kesiapan pilkada. Jadi baru bisa ditertibkan siang hari. Itu pun hanya tiga jam. Saya pesimistis bisa bersih total, sementara itu jam macet. Jika penertiban tidak merata, malah akan menimbulkan kecemburuan dan masalah baru,” ujar Dadang kemarin. Dosen Universitas Bandar Lampung ini juga mengaku khawatir penertiban yang tidak merata justru menimbulkan black campaign antarcalon. Namun, dia menegaskan bahwa pada pemungutan suara Rabu (30/ 6), tidak boleh ada atribut calon yang berjarak kurang dari 100 meter dari tempat pemungutan suara (TPS). Dadang sendiri berkilah lembaganya kesulitan melakukan penertiban sendiri. Meskipun telah mengerahkan 98 pengawas pemilu lapangan (PPL) di tingkat kelurahan, tidak dapat menertibkan atribut di tempat yang tinggi dan tak terjangkau tanpa alat tertentu. Selain itu, lanjut dia, masih banyak tugas yang dihadapi panwas menjelang pemungutan dan penghitungan suara. Di antaranya pengawasan dalam pembentukan TPS dan pendistribusian logistik ke ke-

lompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). ’’Belum lagi penertiban atribut dan alat peraga yang bertebaran. Kecil kemungkinan kami melaksanakan semua tugas itu sekaligus. Kami juga belum tahu yang mana yang harus diberi penekanan lebih,” ujarnya. Sebelumnya, anggota Panwas Pilkada Bandarlampung Riyuzen Praja Tuala mengatakan bahwa tiga lembaga terkait, yakni pemkot, KPU, dan Panwas Pilkada Bandarlampung, dijadwalkan menertibkan alat peraga kampanye calon kemarin (28/6). Ini merupakan hasil kesepakatan dalam rapat antarinstansi sebelum masa kampanye dimulai 13 Juni lalu. ’’Karena hari tenang dimulai Minggu dan bukan hari kerja, pasangan calon diminta menurunkan sendiri atributnya secara swadaya. Lalu hari Senin baru kami menurunkan jika masih ada yang melanggar,” pungkas Riyuzen. Selama masa tenang, masih banyak alat peraga calon yang terpasang di area publik. Dari pantauan Radar Lampung, baliho besar pasangan Kherlani-Heru Sambodo (Khado) masih terpasang di median Jalan Zainal Abidin Pagaralam, Gedongmeneng, Rajabasa. Baliho besar pasangan Khado juga masih terlihat di di Jalan Teuku Umar, Tanjungkarang Pusat. Selanjutnya, baliho besar Herman H.N. juga terpampang di pertigaan Jalan Cut Nyak Dien dan Jalan P. Emir M Noer, Tanjungkarang Pusat. Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Lampung juga melakukan pemantauan serupa dan masih banyak menemukan baliho calon yang belum diturunkan. Di antaranya, baliho Herman H.N. di depan pos polisi Jalan Baru Panjang dan spanduknya di halte depan kantor Disnaker Bandarlampung.(dna/een)

Tempat Pelayanan Publik Tetap Beroperasi BANDARLAMPUNG – Tempat pelayanan publik pada Rabu (30/ 6), saat dilakukan pilkada, tetap beroperasi. Seperti rumah sakit, kantor lurah, kecamatan, hingga puskesmas. Hal ini ditegaskan Wali Kota Bandarlampung Eddy Sutrisno. ’’Pelayanan umum untuk publik tetap beroperasi pada hari pencoblosan,” katanya. Sementara itu, Kepala Bidang Budaya dan Partisipasi Politik Badan Kesbangpol Bandarlampung Sueb Nurdin mengatakan, surat edaran dari Pemprov Lampung mengenai hari libur saat dilakukan pilkada sudah diterima. Surat tersebut juga telah disosialisasikan ke seluruh dinas/instansi di Bandarlampung. Diketahui, Pemprov Lampung melalui suratnya bernomor 270/136/ 02/2010 tertanggal 28 Juni 2010 menetapkan Rabu (30/6) sebagai hari libur kerja untuk enam kabupaten/kota yang akan menggelar pilkada. Yakni Kabupaten Lampung Selatan, Pesa-

waran, Lampung Timur, Waykanan, Bandarlampung, dan Metro. Surat tersebut ditujukan ke bupati/wali kota se-Lampung, kepala dinas/badan/sekretariat DPRD/biro di lingkungan Pemprov Lampung, rektor perguruan tinggi negeri/swasta, direktur BUMD/perbankan/ jawatan/perusahaan di Lampung. Tujuan ditetapkannya Rabu (30/6) sebagai hari libur kerja tersebut untuk menghindari terjadinya mata pilih yang golput atau tak menggunakan hak suara pada pilkada. ’’Bagi instansi pemerintah yang bertugas memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat, agar kepala unit kerja yang bersangkutan mengatur pelaksanaan tugas secara intern di lingkungan kerja masing-masing sehingga masyarakat tetap mendapat pelayanan baik,” kata Sekretaris Provinsi Lampung Ir. Irham Jafar Lan Putra mewakili gubernur dalam suratnya. (eka/een)


26

SELASA, 29 JUNI 2010

PNS Dukung Calon Diturunkan Jabatannya BLAMBANGANUMPU – Ini warning (peringatan) bagi para pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Waykanan. Sesuai instruksi Sekretaris Provinsi (Sekprov) Lampung Ir. Hi. Irham Djafar Lan Putra, M.H. kemarin, PNS diwajibkan harus netral dalam pelaksanaan pilkada. Bila mendukung salah satu calon, mantan Sekkab Waykanan itu mengancam akan menurunkan

jabatan bagi PNS tersebut. Instruksi tersebut disampaikan Irham Djafar Lan Putra saat melakukan kunjungan sekaligus mengecek persiapan pilkada di Bumi Ramik Ragom ini kemarin. Kesempatan tersebut, Irham juga berharap pilkada di Waykanan bisa dilakukan dalam satu putaran. Sehingga anggaran pilkada untuk putaran kedua bisa dibuat untuk pembangunan di wilayah

tersebut. ’’Kalau kita lihat dari biaya yang harus dikeluarkan untuk satu putaran pilkada dibutuhkan Rp9,8 miliar. Untuk putaran kedua telah dianggarkan Rp4,5 miliar. Sehingga bila terjadi dua putaran akan menelan biaya Rp14,6 miliar. Jadi bila hanya terjadi satu putaran, anggaran kita hemat Rp4,5 miliar. Uang tersebut bisa kita gunakan untuk membangun Waykanan,”

ujar Irham. Untuk kalangan PNS, mantan Sekkab Waykanan yang pernah memberhentikan beberapa PNS tersebut menyatakan, bagi PNS yang terbukti melanggar karena terlibat politik praktis atau dukung-mendukung pasangan calon harus diberi sanksi tegas. Yakni berupa penurunan jabatan dan atau sanksi lain sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Untuk para calon, Irham meminta agar dapat menciptakan suasana yang kondusif di masyarakat. ’’Apa yang terjadi di bawah tidak lepas dari apa yang dilakukan para calon. Agar warga tetap tenang, saya berharap lima pasangan calon dapat menjaga suasana yang kondusif. Siapa pun yang terpilih harus dapat merangkul calon yang kalah dan

semua elemen masyarakat. Karena keharmonisan masyarakatlah modal utama pembangunan,” urai Irham. Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Waykanan Tamanuri dan Wakil Bupati Bustami Zainudin. Menurut Tamanuri, proses pilkada di Waykanan telah berjalan sebagaimana mestinya. Untuk keamanan telah berkoordinasi dengan pihak Polri dan TNI.

’’Untuk mengamankan pilkada, Polres Waykanan telah menyiagakan 723 personel, TNI 150 personel, Satpol PP 209 personel, dan linmas sebanyak 2.752. Karena itu, diharapkan dengan banyaknya aparat keamanan ini dapat mengamankan jalannya pesta demokrasi,” ujar Tamanuri yang dibenarkan Kapolres Waykanan AKBP Agus Prioanto, S.I.K., S.H. (sah/een)

SUARA MASUK SENIN (28/6) Eki Setyanto Ikang Fauzi/A. Zulfikar Fauzi Antoni Imam

743 672 11

CALON BUPATI PESAWARAN Aries Sandi D.P., S.H., M.H. Firman Rusli M. Nasir, S.I.Kom. Johan Sulaiman Dimyadi Roni Hi. Sutrisno Yuwono Andika Wibawa Pattimura

32.738 6.587 1.242 1.202 937 628 624 616

CALON WALI KOTA METRO Djohan Lukman Hakim Abdul Haris

846 741 623

CALON WAKIL WALI KOTA METRO Prof. Dr. Hi. Juhri

2.040

CALON BUPATI LAMPUNG TIMUR Yusran Amrullah Noverisman Subing Satono Citra Persada

CALON WALI KOTA BANDARLAMPUNG NAMA CALON Herman H.N. Eddy Sutrisno Kherlani Nurdiono Dhomiril Hakim Sauki Shobier

DUKUNGAN 24.608 20.472 8.076 5.383 636 520

CALON WAKIL WALI KOTA BANDARLAMPUNG Hantoni Hasan Heru Sambodo Sugiyanto Dian Kurnia Tobroni Harun Samsul Rizal

2.627 1.593 1.474 581 521 510

CALON BUPATI LAMPUNG SELATAN Taufik Hidayat Wendy Melfa Rycko Menoza Fadhil Hakim Andi Warisno Zainudin Hasan

1.048 794 679 627 614 504

CALON WAKIL BUPATI LAMPUNG SELATAN Agus Revolusi A. Ben. Bella

952 828

869 541 530 10

CALON WAKIL BUPATI LAMPUNG TIMUR Yuliansyah

FOTO SYIFUL AMRI

PERIKSA PASUKAN: Kapolda Lampung Brigjen Pol. Drs. Sulistyo Ishak, S.H., M.Si. saat memeriksa anggotanya dalam apel kesiapan Operasi Mantap Praja Krakatau 2010 dalam menjaga situasi kamtibmas menjelang pilkada di halaman mapolda kemarin (28/6). 623

Segera Bentuk Timsel KPU Mesuji

BALON BUPATI LAMPUNG TENGAH Ery Setyanegara Hery Suliyanto Hi. Mahfud Santoso Raden Zugiri Helman Saleh A. Mufti Salim Yurida Erwin Nizar M. Faisal Miswan Rodi Rusliyanto Musa Ahmad Mudiyanto Thoyib Syamsir Firdaus

777 665 566 489 362 360 348 265 240 230 230 226 215

CALON BUPATI WAYKANAN Akhmad Suwandhy Natapraja Hi. Agung Ilmu Mangkunegara Ali Subaidi Hi. Bustami Zainudin Kalbadi

2.936 2.248 829 798 703

MESUJI – Setelah berancangancang untuk membentuk tim seleksi (timsel), sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mesuji akan bergerak cepat untuk membahas para personel yang berada di dalam kepengurusan timsel tersebut. Sekretaris KPU Mesuji Harun Kurniadi mengatakan, pihaknya akan duduk bersama dengan DPRD, Pemkab Mesuji, dan KPU Lampung guna membahas namanama yang laik mengisi timsel perekrutan komisioner KPU Mesuji pada pertengahan Juli 2010. ’’Rencananya, kami meminta ketua DPRD, bupati, dan KPU Lampung untuk menyiapkan perwakilannya dalam timsel yang akan dibentuk pertengahan bulan depan. Sehingga pembentukannya yang ditargetkan pertengahan

Juli 2010 bisa terealisasi dengan tepat waktu,” kata mantan Kabid Pembinaan dan Pengawasan Dinas Pertambangan dan Energi Mesuji ini kemarin. Menurut Harun, kelima anggota timsel yang akan dibentuk untuk merekrut komisioner KPU Mesuji terdiri atas dua anggota DPRD Mesuji, satu perwakilan Pemkab Mesuji, dan dua orang utusan KPU Lampung. Dia menerangkan, susunan timsel akan ditentukan pimpinan lembaganya masing-masing. ’’Tugas mereka (timsel, Red) akan menerima pendaftaran, seleksi berkas, dan menggelar tes tertulis bagi peserta yang mendaftar sebagai komisioner KPU Mesuji,” jelasnya. Setelah itu, sambung Harun, peserta yang lulus wajib meng-

ikuti fit and proper test di hadapan anggota DPRD Mesuji. ’’Pendaftaran terbuka untuk umum. Mereka yang mendaftar bisa mencakup tokoh masyarakat, akademisi, dan profesional,” urainya. Harun menyatakan bahwa calon komisioner KPU Mesuji akan ditetapkan oleh KPU Lampung. ’’Paling lambat, kami bisa menyelesaikannya dalam waktu satu bulan pascaproses rekrutmen dibuka oleh timsel,” tukasnya. Setelah komisioner dibentuk, tambah Harun, KPU Mesuji baru bisa menjadwalkan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) di daerah otonomi baru (DOB). ’’Kalau saat ini, kami belum dapat menargetkan jadwal pilkada. Sebab, perangkat KPU dan komisionernya belum dibentuk hingga kini,” imbuhnya. (gan/een)


27

SELASA, 29 JUNI 2010

644 Personel Dikerahkan untuk Pilkada KPU Distribusikan Logistik SUKADANA – Guna pengamanan pilkada, Polres Lampung Timur menurunkan 584 personel ditambah 30 personel dari Kompi III Brimob dan 30 personel dari Polda Lampung. Totalnya, 644 personel dikerahkan untuk pilkada besok. Mulai kemarin, para personel tersebut dilepas untuk bertugas ke sejumlah polsek melalui apel pergeseran personel pengamanan pilkada di halaman Mapolres Lamtim yang dipimpin langsung Kapolda Lampung Brigjen Pol. Sulistiyo Ishak. Menurut Kapolres Lamtim AKBP M. Nurokhman, pada hari pemungutan suara Rabu (30/6), para personel sudah berada di TPS. ’’Bila terjadi permasalahan di lapangan dan membutuhkan tambahan personel, kami akan segera berkoordinasi dengan perwira yang ditugaskan di setiap polsek. Polres akan mengirimkan personel tambahan untuk wilayah yang rawan,” paparnya. Sementara, Kapolda Lampung menginstruksikan jajaran Polres Lamtim meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman dan gangguan keamanan selama berlangsungnya pilkada besok. Ditakannya, hingga kemarin memang tahapan pilkada masih memasuki masa tenang. ’’Kendati demikian, para personel yang ditugaskan untuk mengamankan pilkada diminta tetap waspada. Sebab, tidak menutup kemungkinan ada sejumlah pihak yang memanfaatkan masa tenang untuk mengacaukan pilkada,” ujarnya. Terlebih ketika tahapan pemungutan hingga penghituangan suara, lanjutnya, para personel harus lebih waspada dan cepat mengambil langkah agar situasi keamanan dapat kondusif. ’’Personel Polri harus berkomitmen sebagai abdi masyarakat, yakni melayani, mengayomi, dan melindungi. Polri juga harus bersikap netral dalam pilkada,” paparnya. Kapolres Lamtim juga menekankan perlunya warga meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat selama berlangsungnya tahapan pilkada perlu ditingkatkan. Pertimbangannya, ada salah satu calon kepala daerah yang sedang bermasalah dengan hukum. Sehingga tidak menutup kemungkinan permasalahan tersebut dapat memicu konflik. ’’Permasalahan tersebut harus segera diantisipasi sejak dini. Jangan sampai konflik pilkada yang terjadi di sejumlah daerah luar Lampung terjadi juga di Lamtim,” kata Kapolres. Dalam kesempatan yang sama, Kapolres menginstruksikan seluruh personel yang ditugaskan di TPS untuk tidak meninggalkan lokasi sejak pemungutan hingga kotak suara dikirim ke KPU. (wid/tru)

METRO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro mendistribusikan logistik pilkada ke PPK dan PPS untuk dilanjutkan ke TPS-TPS kemarin. Ketua Pokja Logistik Pilkada Metro Agus Karya Bakhti menjelaskan, logistik yang didistribusikan tersebut terdiri atas 240 kotak suara dan 480 bilik suara. Menurutnya, di dalam kotak suara yang didistribusikan tersebut terdapat logistik lainnya. Seperti surat suara, formulir model C, alat pencoblosan, tinta, daftar pasangan calon, serta tanda pengenal dari masing-masing PPS dan saksi. Dilanjutkan, surat suara yang didistribusikan disesuaikan dengan daftar pemilih tetap (DPT) yakni 103.311 pemilih ditambah 2,5 persen sehingga totalnya sebanyak 104.869 surat suara. ’’Dari hasil pengecekan terdapat 86 surat suara yang rusak dan sudah diganti. Sementara pemusnahan surat suara tersebut akan dilaksanakan pada 1 Juli 2010,” jelasnya. Lebih lanjut Dadang menjelaskan, surat suara dan kotak suara disebarkan sesuai jumlah DPT di tiap kelurahan se-Kota Metro. Misalnya, untuk Kecamatan Metro Pusat sebanyak 34.525 surat suara tersebar di 81 TPS, Metro Barat 17.101 kertas suara untuk 38 TPS, Metro Selatan 10.564 surat suara untuk 23 TPS, Metro Barat

17.101 kertas suara untuk 38 TPS, Metro Timur sebanyak 25.784 kertas suara untuk 59 TPS, dan Metro Utara 16.895 kertas suara untuk 39 TPS. ’’Untuk jumlah TPS yang tercantum tersebut merupakan jumlah total TPS di kelurahan masing-masing,” urainya. Ditambahkan, jumlah TPS tersebut tidak termasuk TPS khusus yang diposisikan pada rumah sakit. Untuk TPS khusus dilaksanakan oleh petugas PPS dan PPK yang bertugas di TPS terdekat. Menurutnya, TPS khusus tersebut di antaranya ada di Rumah Sakit (RS) A. Yani, RS Bersalin Santa Maria, RS AMC, RS Muhamamdiyah, RS Wardiwaluyo, RS Islam, dan klinik-klinik yang ada di Kota Metro. Menurut Dadang, untuk DPT ditargetkan akan sesuai pada sasaran pemilik kartu pemilih atau undangan formulir C6. Kemudian untuk warga yang belum mendapatkan kartu pemilih atau undangan formulir C6 dapat diakomodasikan dengan catatan terdaftar dalam DPT. ’’Bagi warga yang tidak mendapatkan kartu tanda pemilih dan/ atau undangan menggunakan hak pilihnya dapat ditoleransi dengan menunjukkan bukti domisili, dalam hal ini KTP, dengan catatan nama warga tersebut terdaftar dalam DPT,” tandas Dadang. (rin/ruf/tru)

FOTO DWI

PENGAMANAN PILKADA: Kapolda Lampung Brigjen Pol. Sulistiyo Ishak bersama Kapolres Lamtim AKBP M. Nurokhman mengecek kesiapan personel pengamanan pilkada.

Jelang Hari H, Atribut Mulai Bersih METRO – Dua hari menjelang pemungutan suara, sebagian besar atribut pasangan calon wali kota–wakil wali kota Metro mulai bersih. Pokja Panwaslu Kota Metro Giyono mengatakan, sejak memasuki masa tenang Minggu (27/6), hingga kemarin atribut sosialisasi telah dibersihkan para tim sukses (TS). ’’Karena selama masa tenang tidak diperbolehkan lagi memasang atribut kampanye,” ujarnya. Menurutnya, dari hasil pemantauan masih terlihat sejumlah atribut terpasang di jalan-jalan protokol dan tempat terlarang lainnya. Namun, panwas sudah berkoordinasi dengan TS masing-masing calon agar mencopot atribut kampanye paling lambat

hari ini (29/6). ’’Jika tidak, dikenakan sanksi sebagaimana ketentuan tahapan penyelenggaraan pemilu yang diatur dalam UU No. 23/2008,” jelasnya. Panwas juga sudah berkoordinasi dengan KPU dan memberikan surat imbauan kepada masing-masing TS kandidat pasangan calon sejak sehari sebelum palaksanaan debat kandidat yang diselenggarakan pada Sabtu (26/6) di GSG STAIN Jurai Siwo Metro. Sementara berdasarkan pantauan di beberapa jalan protokol, seperti Jl. Jenderal Ahmad Yani, Jl. Jenderal Sudirman, Jl. Jenderal Nasution, Jl. Ade Irma Nasution, hingga Lapangan Samber, atribut sudah bersih.

Begitu juga di Jl. A.R. Prawiranegara sampai dengan Jl. Diponegoro dan Jl. Imam Bonjol sampai batas lampu merah 22 Hadimulyo, Metro Barat, dan areal perbatasan. Sebelumnya, seusai pelaksanaan debat kandidat, kandidat nomor urut 3 DjohanHerno menginstruksikan kepada masingmasing koordinator tim pemenangannya untuk segera menertibkan atributnya yang masih terpasang. Begitu juga dengan kandidat nomor urut 1 Lukman-Saleh dan nomor urut 2 Abdul Haris-Juhry. Kedua pasangan sudah bergerak menertibkan atributnya dengan mengerahkan tim-tim pemenangannya sejak Minggu (27/6) pukul 14.00 WIB. (rin/ruf/tru)

FOTO RNN

PERSIAPAN AKHIR: Pendistribusian logistik ke setiap kecamatan sudah mulai berjalan.


28

SELASA, 29 JUNI 2010

Terpilih, Rangkul Semua Pihak! GEDONGTATAAN – Siapa pun yang nantinya meraih suara terbanyak dan mendapat mandat rakyat menjadi bupati dan wakil bupati Pesawaran, diharapkan bisa merangkul semua pihak. Baik itu kandidat yang belum beruntung maupun elemen masyarakat di Bumi Andan Jejama ini. Hal tersebut ditegaskan Wakil Gubernur M.S. Joko Umar Said ketika kunjungan kerja dalam rangka pembinaan dan pengawasan pelaksanaan pilkada Pesawaran kemarin (28/6). Pertemuan dilakukan di aula pemkab setempat dihadiri KPU, Panwas Pilkada, dan PNS. ’’Jadi, siapa pun yang mendapat amanah memimpin Pesawaran lima tahun ke depan diharapkan dapat merangkul semua kandidat yang kalah. Sehingga tercipta keadaan yang kondusif,” tegas Joko. Sejauh ini, sambungnya, proses pilkada Pesawaran tidak ada hambatan dan bisa berjalan sebagaimana yang telah dijadwalkan.

Terkait persiapan pilkada, Pj. Bupati Pesawaran Untung Subroto membeberkan, akan dilaksanakan di 720 TPS dengan melibatkan personel PPS dan KPPS sebanyak 7.278 orang. Sedangkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Pesawaran 290.286 orang. Dalam menghadapi pilkada, katanya, pemkab juga berkoordinasi dengan KPU dan Panwas Pilkada. Koordinasi juga dilakukan dengan Polres Lampung Selatan guna mengamankan kegiatan kampanye sampai selesainya pilkada nanti. ’’Kami telah berkoodinasi dan bekerja sama dengan Polres Lamsel. Pada 31 Mei 2010 telah dilakukan simulasi persiapan pengamanan pilkada,” terangnya. Ia menambahkan, pilkada Pesawaran diikuti tujuh pasangan calon bupati dan wakil bupati. Empat pasangan calon berasal partai politik dan lainnya dari unsur perseorangan atau independen. (rin/rnn/adi)

DISTRIBUSI PPK Ketapang bersama Satpol PP mulai mendistribusikan logistik ke masing-masing PPS kemarin. FOTO NYOMAN S./RNN

Panwas Kaji Dugaan Money Politik FOTO NAZIRIN/RNN

KUNKER: Wakil Gubernur Lampung M.S. Joko Umar Said melakukan pembinaan dan pengawasan pelaksanaan pilkada Pesawaran kemarin.

Kekurangan Logistik Teratasi KALIANDA – KPU Lampung Selatan bergerak cepat menyikapi kekurangan logistik pilkada di empat kecamatan. Hasilnya, kekurangan kartu undangan atau formulir C-3, kartu pemilih, dan bilik suara kini dapat teratasi. Bahkan, logistik tersebut mulai didistribusikan dari panitia pemungutan suara (PPS) ke kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). ’’Jadi logistik sudah tak ada masalah lagi. Kami sudah memenuhi sejumlah kekurangan yang ada di empat kecamatan,” kata Ketua KPU Lamsel M. Abdul Hafid, S.Si. kepada sejumlah wartawan di Sekretariat KPU Lamsel kemarin. Menurutnya, kekurangan yang terjadi di Kecamatan Sragi, Tanjungsari, Katibung, dan Candipuro bukan logistik yang utama. Sehingga, KPU masih bisa menyuplai kekurangan tersebut. ’’Jika logistik yang kurang adalah tinta dan surat suara, akan berdampak pada pemilihan. Tapi ini hanya kekurangan bilik dan undangan,” kata ketua Pokja Lo-

gistik dan Hukum KPU Lamsel ini. Namun begitu, ia memastikan, logistik pilkada sudah di TPS besok atau satu hari sebelum pemungutan suara, yakni Rabu, 30 Juni 2010. ’’Kini logistik mulai didistribusikan ke TPS yang ada di Lamsel. Jadwal pendistribusiannya disesuaikan kondisi cuaca di masing-masing kecamatan. Jelasnya, besok (hari ini) logistik sudah ada di TPS,” tukasnya. Diketahui, empat kecamatan kekurangan logistik pilkada. Kekurangan itu seperti kartu undangan (C-3) dan kartu pemilih untuk Sragi. Sedangkan Candipuro ada 2 desa yang kekurangan kartu pemilih. Di Katibung banyak kartu pemilih tidak tercantum nama si pemilih dan bilik suara yang kurang sebanyak 8 unit. Lalu, Tanjungsari masih ada kekurangan logistik pilkada berupa 3 bilik suara. Bahkan, ada 1 kotak suara tidak terdapat label nama atau tak jelas untuk TPS mana. (edw/dur/adi)

GEDONGTATAAN – Panwas Pilkada Pesawaran akan melakukan pengecekan dan pengkajian atas dugaan money politik pasangan calon bupati dan wakil bupati Pattimura-Johan Sulaiman (Paijo). Menurut anggota Panwas Pesawaran Solihin, meski hingga kini pihaknya belum mendapatkan laporan secara tertulis dari masyarakat ataupun panwas kecamatan (panwascam), sebagai lembaga pengawas pilkada pihaknya akan melakukan langkah-langkah guna menindaklanjuti dugaan tersebut. ’’Kami akan menindaklanjuti semua laporan masyarakat atau masalah pelanggaran pilkada tan-

pa tebang pilih. Termasuk dugaan money politik ini,” tegasnya. Dalam waktu dekat pengecekan ke lapangan dan hasil kajian masalah ini dapat diketahui. Jika nanti hasilnya menyatakan calon yang dimaksud melanggar secara pidana, pihaknya akan menyerahkan sepenuhnya kepada sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu). ’’Jika pelanggarannya bersifat administrasi, akan kita laporkan ke KPU,” terang Solihin. Dipaparkannya, dugaan pelanggaran dimaksud menyebutkan bahwa pasangan Paijo diduga melakukan money politik dengan memberikan uang kepada sebelas

masyarakat Pesawaran. Masingmasing Rp50 ribu. Barang lain yang diberikan bersama dengan uang tersebut adalah beberapa lembar stiker dan sejumlah kaus berlogo Paijo. Menanggapi dugaan money politik tersebut, calon wakil bupati Johan Sulaiman menegaskan, itu adalah fitnah belaka yang sengaja diembuskan lawan politik. Johan meyakinkan tidak pernah merasa melakukan money politik. ’’Untuk kampanye saja kami tidak memiliki uang. Apalagi, mau money politik,” tandasnya. Sementara calon bupati yang diusung PDIP, M. Nasir, menga-

takan, money politik merupakan pembodohan kepada rakyat. Pesawaran tidak akan maju, jika dipimpin pemimpin yang melakukan kecurangan untuk mendapatkan kemenangan pada pilkada. Karena itu, Nasir minta agar panwas tidak hanya menunggu laporan dari masyarakat. Tetapi juga harus proaktif melakukan pengawasan terhadap berbagai pelanggaran yang mungkin dilakukan para calon. ’’Kinerja panwas kini terkesan lamban dan hanya menunggu laporan dari masyarakat. Sehingga, kinerjanya dalam melakukan pengawasan tidak maksimal,” imbuhnya. Senada, calon bupati Aries

Sandi D.P. juga menegaskan, setiap calon harus memberikan pendidikan dan pembelajaran yang baik akan demokrasi kepada masyarakat. Sehingga, masyarakat dapat memilih calon pemimpinnya yang sesuai hati nurani. Bukan adanya unsur paksaan. Karena itu, pihaknya mengajak kepada pasangan lain untuk berpolitik yang santun dan sesuai aturan. Sehingga, pilkada ini bisa dilaksanakan secara baik dan kondusif. ’’Terlepas siapa pemenangnya pada pilkada nanti, terpenting adalah kemenangan ini diraih dengan cara yang fair dan sesuai dengan peraturan berlaku,” pungkasnya. (rif/rnn/adi)

Minimalisasi Golput, KPU Terus Sosialisasi KALIANDA – Upaya meminimalisasi angka golongan putih (golput) atau calon pemilih yang tak menggunakan hak pilihnya pada Pilkada 30 Juni 2010 terus dilakukan KPU Lampung Selatan. Lembaga penyelenggara pilkada ini terus melakukan sosialisasi mengajak masyarakat, terutama yang telah masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT), untuk memberikan hak pilihnya. Diketahui, jumlah DPT ber-

dasar pleno KPU Lamsel pada (5/ 4) yaitu 648.691 jiwa. Perinciannya 333.420 pemilih laki-laki dan 315.271 perempuan. ’’Ajakan kepada warga untuk memberikan hak pilihnya akan terus kami lakukan hingga pilkada. Kami ingin semua warga yang telah masuk DPT dapat memberikan hak suaranya,” terang komisioner KPU Lamsel Dra. Erlina kemarin. Untuk mengajak warga berpartisipasi pilkada nanti, petugas Sekretariat KPU Lamsel dengan

menggunakan beberapa unit mobil berkeliling di sejumlah ruang publik di kabupaten itu mengajak warga berpartisipasi memberikan hak pilihnya. Ketua Pokja Sosialisasi KPU Lamsel Hi. Dwi Riyanto, S.E. mengungkapkan, pihaknya terus berupaya semaksimal mungkin menekan angka golput. Karenanya sejak tahapan pilkada, KPU terus melakukan sosialisasi baik melalui media cetak maupun elektronik termasuk dengan mema-

sang alat peraga di ruang publik yang isinya mengajak warga berpartisipasi menyukseskan pilkada. Di antaranya dengan memberikan hak pilihnya. Selain sosialisasi melalui media massa dan alat peraga, KPU juga intens terjun langsung ke masyarakat. Selain mengajak berpartisipasi, lembaga ini juga mengajarkan tata cara kepada warga memberikan hak pilihnya. Yaitu dengan cara mencoblos. KPU juga mengingatkan ke-

pada warga bahwa pemberian suara dapat dilakukan di masingmasing TPS mulai pukul 07.00– 13.00 WIB. Jumlah TPS Pilkada Lamsel tahun ini yaitu 1.691 titik. Di mana, jumlah pemilih pada masing-masing TPS berkisar antara 400–600 pemilih. ’’Oleh sebab itu, masyarakat yang masuk DPT dapat memberikan hak suaranya. Satu suara sangat berarti. Sebab, menentukan nasib Lamsel lima tahun ke depan,” pungkas Dwi. (dur/adi)


SELASA, 29 JUNI 2010

LAMPUNGRAYA

29

Lamsel-Tanggamus-Pesawaran-Pringsewu

PRINGSEWU

Satu Ton Ganja Dimusnahkan

DPRD Pringsewu Dapat Suntikan Randis PRINGSEWU – Baru beberapa hari menjabat, DPRD Pringsewu akan mendapat tambahan lima unit kendaraan operasional masing-masing dua unit untuk para wakil ketua DPRD dan tiga unit untuk kendaraan tiga komisi yang segera dibentuk. Untuk pengadaan kendaraan dinas (randis) ini, Pemkab Pringsewu akan menggunakan dana dari APBD Perubahan. Rencana ini disampaikan oleh Pj. Bupati Pringsewu Ir. Helmi Machmud saat menghadiri rapat paripurna istimewa DPRD Pringsewu dengan agenda pembacaan sumpah janji salah satu anggota DPRD Pringsewu atas nama Herman dari Partai Golkar kemarin (28/6). Diketahui, Herman tidak dilantik berbarengan dengan anggota DPRD lainnya karena ketika pengambilan sumpah janji, Kamis (24/6), dirinya tengah berhalangan. ’’Untuk saat ini, baru ketua sementara DPRD yang mendapatkan randis. Namun, dalam waktu dekat pemkab akan menambah kendaraan. Yakni untuk para wakil ketua dan kendaraan komisi dengan jenis L300. Semuanya sudah dianggarkan dalam APBD Perubahan,” ujar Helmi Machmud di hadapan para anggota DPRD Pringsewu. Dalam sambutannya, Helmi Machmud berharap anggota DPRD Pringsewu dapat menjalankan fungsinya dengan lebih efektif. ’’Dewan harus memahami betul masyarakat yang telah memilihnya agar hubungan tersebut benar-benar dapat terpelihara. Begitu juga hubungan kemitraan antara eksekutif dan legislatif akan terus berjalan dengan baik sehingga pembangunan Kabupaten Pringsewu sebagai daerah otonom baru dapat lebih terpacu,” tutupnya. Pembacaan sumpah janji anggota DPRD Pringsewu atas nama Herman tersebut langsung dipimpin Ketua Sementara DPRD Pringsewu Ilyasa dari PDIP dan Wakil Ketua Sementara F.X. Siman dari Partai Golkar. Hadir pula para pejabat di lingkup Pemkab Pringsewu. (kim/sag/fik)

LAMSEL

Tanggul Penangkis Mulai Diperbaiki CANDIPURO – Musibah banjir yang melanda empat kecamatan di Kabupaten Lampung Selatan langsung disikapi oleh pemerintah. Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Lampung mulai memperbaiki tanggul penahan air di Kecamatan Candipuro sebagai langkah antisipasi banjir yang menjadi langganan wilayah ini. Perbaikan tanggul dengan panjang sekitar 4,6 km dengan tinggi 60 cm ini menggunakan dana dari APBD Provinsi Lampung 2010. Camat Candipuro Afendi, S.E. mengatakan, selain pembangunan tanggul, Dinas PU Provinsi Lampung juga melakukan perbaikan di beberapa pintu air yang sempat mengalami kerusakan akibat terjangan air. ’’Memang sekarang ini Dinas PU sedang melakukan perbaikan tanggul dan pintu-pintu air yang rusak. Perbaikan tersebut dilakukan dengan menambah tinggi tanggul hingga 60 cm. Di Kecamatan Candipuro, tanggul yang diperbaiki rencananya sepanjang 4,6 km yang ada di Desa Sinarpasemah,” ujarnya. Mantan sekretaris Kecamatan Candipuro ini berharap dengan pembangunan tanggul tersebu,t derasnya air Way Katibung tidak lagi meluap, terutama ketika musim hujan datang. ’’Pembangunan ini akan terus dilakukan di sepanjang tanggul Way Katibung. Diharapkan pembangunan tanggul dan perbaikan pintu air ini dapat menahan luapan air sehingga banjir tidak lagi terjadi,” harapnya. Terpisah, Sutris (40), warga Desa Sinarpasemah, mengaku senang dengan pembangunan tanggul tersebut. Pasalnya, selama ini para petani masih trauma dengan musibah banjir yang terus-terusan terjadi. ’’Sebelum tanggul itu diperbaiki, kami hanya bisa pasrah. Sebab, sudah jutaan rupiah kerugian yang kami alami akibat banjir. Kami hanya bisa berharap tanggul dapat lekas diperbaiki sehingga kami bisa tenang saat menanam padi lagi,” singkatnya. Diketahui, sebelumnya ratusan hektare (ha) sawah di wilayah Candipuro kerap menjadi langganan banjir. Musibah terakhir terjadi pada 21 Juni 2010. Akibat musibah tersebut, sekitar 1.014 ha sawah di empat kecamatan terendam banjir dan sebagian besar mengalami puso. Di Kecamatan Candipuro, banjir merendam sekitar 905 ha sawah. (rnn/fik)

BAKAL DITAMBAH Ketua DPRD Pringsewu Sementara Ilyasa memeriksa kendaraan dinas yang baru diserahkan oleh Pemkab Pringsewu kemarin. FOTO MUSTAKIM/RNN

Bantah Rumor, Inspektorat Tanggamus Beber LHP BPK KOTAAGUNG – Inspektorat Kabupaten Tanggamus membeberkan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) 2009 di kantor inspektorat kemarin. Hal ini dilakukan untuk mengklarifikasi informasi yang menyebutkan bahwa ada sekitar Rp334,129 miliar APBDP yang menguap. Langkah ini juga dimaksudkan sebagai upaya transparansi agar masyarakat mengetahui laporan hasil pemeriksaan (LHP) BPK secara utuh. Menurut Inspektur Rifki Wirawan, S.E., semua informasi itu sama sekali tidak benar dan menyesatkan. Sehingga perlu diluruskan agar tidak terjadi kesimpangsiuran informasi di tengah masyarakat. Di hadapan wartawan, Rifki Wirawan menjelaskan bahwa berdasarkan hasil audit BPK tertanggal 30 September 2009, realisasi penggunaan

anggaran adalah Rp415.403.368.317 dari nilai total APBDP Rp749.497.673.818, 50. Dengan demikian, ada sisa anggaran yang belum terpakai Rp334,129 miliar. ’’Jadi anggaran ini bukannya menguap dan tidak jelas keberadaannya, tapi anggaran ini memang belum terpakai. Selanjutnya, anggaran tersebut digunakan hingga Desember 2009,” terang Rifki Wirawan. Lebih jauh ia menjelaskan, hasil audit BPK pada 31 Desember 2009 menyatakan terdapat sisa lebih penggunaan anggaran (silpa) APBD 2009 sebesar Rp19.158.097.127,58. ’’Dari LHP BPK ini jelas kalau anggaran sebesar Rp334,129 miliar itu bukannya menghilang. Anggaran ini ketika itu memang belum terpakai dan ketika BPK melakukan pemeriksaan pada September 2009 belum termasuk materi yang diperiksa,” tandas Rifki.

Selain masalah anggaran tersebut, beredar pula informasi proyek pembangunan beronjong oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) bidang pengairan sebesar Rp2.987.598.189,06 yang juga disebut menyalahi ketentuan teknis berdasarkan temuan BPK. Informasi ini juga langsung dibantah oleh Sekretaris Dinas PU Andi Wijaya, S.T. Menurutnya, informasi tersebut telah ditindaklanjuti oleh pihaknya dengan memerintahkan rekanan untuk melaksanakan pekerjaan sesuai dengan ketentuan teknis. Ketika itu, rekanan langsung melakukan perbaikan dan hasil pembangunan beronjong itu telah sesuai dengan ketentuan teknis. Hal ini juga dikuatkan dengan hasil monitoring Dinas PU ketika turun ke lapangan. ’’Sedangkan untuk pekerjaan yang mengalami kekurangan volume telah dilakukan pemotongan langsung ketika pencairan pembayaran. Hal ini juga telah dilaporkan kepada BPK,” pungkasnya. (ehl/fik)

KALIANDA – Sebanyak 1,057 ton ganja kering senilai lebih dari Rp2 miliar hasil sitaan Polres Lampung Selatan dimusnahkan dengan cara dibakar di Lapangan Korpri, Pemkab Lamsel, sekitar pukul 08.30 WIB kemarin (28/6). Pemusnahan yang dipimpin langsung Bupati Lamsel Hi. Wendy Melfa, S.H., M.H. dan muspida Lamsel itu dilakukan dalam rangka peringatan Hari Anti-Narkoba Internasional (HANI) 2010. Selain itu, pihak Kejaksaan Negeri Kalianda juga turut memusnahkan barang bukti (BB) lain berupa 3,56 gram sabu-sabu (SS), 13 paket SS, 7 bong (alat pengisap SS), dan 17 butir pil ekstasi. Dalam kesempatan itu, Wendy Melfa mengungkapkan komitmen Pemkab Lamsel untuk terus memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba di wilayah hukum Lamsel. Sebab, berdasarkan hasil survei 2008, jumlah penyalahgunaan dan pecandu narkoba diperkirakan sebesar 1,99 persen atau sekitar 3,3 juta jiwa dari jumlah penduduk Indonesia. Lebih dari sepertiganya adalah kalangan pelajar dan mahasiswa. ’’Tindakan pencegahan peredaran narkoba ini merupakan langkah multikompreherensif dan multidisipliner. Yakni dengan mengurangi permintaan maupun mengurangi pasokan. Hal ini tentu tidak bisa dilakukan oleh satu pihak saja, melainkan semua pihak terkait,” ujar Wendy yang juga menjabat sebagai ketua Badan Narkoba Kabupaten (BNK) Lamsel ini. Kasatnarkoba Polres Lamsel AKP Ferizal, S.I.K. mewakili Kapolres AKBP M. Muslim Siregar mengatakan, BB ganja kering yang dimusnahkan pada peringatan HANI 2010 ini berasal dari pengungkapan tiga kasus selama 2010. Ia mengungkapkan komitmennya untuk terus meningkatkan pengawasan dalam peredaran dan penyalahgunaan narkoba. Menurutnya, jumlah pengungkapan kasus narkoba jenis ganja pada 2010 ini lebih banyak dibandingkan 2009. Hanya, jumlah BB yang berhasil disita relatif lebih sedikit. ’’Kami akan terus berupaya meningkatkannya pada masa mendatang. Karena itu, kami akan terus mempelajari modusmodus baru dalam pengiriman narkoba, khususnya jenis ganja, melalui Pelabuhan Bakauheni sebagai jalur perlintasan narkoba,” ujarnya tanpa merinci berapa kasus yang sudah diungkap selama 2010. (edw/fik)

Dewan Dukung Instruksi Gubernur

FOTO NYOMAN SUBAGIO/RNN

BUTUH PERHATIAN: Jembatan yang menghubungkan Desa Campangtiga dan Sidorejo, Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan, ambrol akibat diterjang banjir. Kini jembatan tersebut hanya bisa dilalui kendaraan roda dua.

GEDONGTATAAN – Instruksi Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. kepada Pj. Bupati Pesawaran Untung Subroto ketika pelantikannya untuk segera melakukan rolling mendapat dukungan dari kalangan anggota DPRD Pesawaran. ’’Kami berharap agar Bapak Untung Subroto segera melakukan penilaian terhadap aparaturnya. Kemudian segera melakukan penyegaran pegawai (rolling),” kata anggota DPRD Pesawaran Darul Qutni didampingi koleganya, A. Iswan Caya, kemarin (28/6). Menurut mereka, rolling tersebut harus segera dilakukan oleh pihak eksekutif guna menunjang kinerja satuan kerja (satker) di kabupaten tersebut. Langkah ini juga untuk memudahkan pelaksanaan agenda pembangunan yang telah disusun sebelumnya. Terlebih, lanjut Qutni, rolling ini juga telah diinstruksikan oleh gubernur Lampung ketika melantik Pj. bupati beberapa waktu lalu. ’’Ini artinya, pihak pemda harus melakukan evaluasi terhadap

kinerja dari seluruh pegawai eselon di kabupaten ini. Secepat mungkin melakukan rolling bagi pejabat yang tidak bekerja dengan baik,” tambahnya. Hal senada juga diungkapkan oleh anggota DPRD Pesawaran lainnya, Sugeng, S.Pd., M.Pd. Menurutnya, meski pada masa kepemimpinan Haris Fadilah telah beberapa kali dilakukan rolling, langkah ini masih perlu dilakukan mengingat masih banyak pejabat yang memiliki basic atau keahlian yang tidak sesuai dengan jabatannya. ’’Masih banyak pegawai yang tidak ditempatkan di posisinya. Sehingga pekerjaan mereka tidak dapat berjalan maksimal,” terangnya. Diketahui, saat menyampaikan sambutan pada pelantikan Pj. Bupati Pesawaran Untung Subroto, Sjachroedin Z.P. menegaskan agar Untung melaksanakan sejumlah agenda pemerintahan. Yakni menata pemerintahan dan menyukseskan pilkada di kabupaten tersebut. Dia juga meminta agar Untung segera mengevaluasi kinerja pegawainya dan melakukan mutasi. (rif/fik)


LAMPUNG RAYA

30

SELASA, 29 JUNI 2010

Lamteng-Lamtim-Metro

Sementara, Lupakan Dulu Perbaikan Jalan! Dana Bina Marga Hanya Rp700 Juta GUNUNGSUGIH – Pengguna jalan yang melintasi Tugu Pepadun di Gunungsugih, Lampung Tengah, harus bersabar. Mereka harus menikmati jalan-jalan berlubang sampai 2011. Sebab, tahun ini tak ada dana perbaikan untuk itu. Kepala Dinas Bina Marga Lamteng Ir. Joko Setiyono menjelaskan, anggaran untuk tahun ini hanya Rp700 juta. Sementara, untuk perbaikan jalan dimaksud butuh aspal setebal 17 sentimeter. Jelas dana itu akan langsung tersedot habis. ’’Sementara kerusakan jalan

yang menjadi wewenang kabupaten cukup banyak,” tandasnya kemarin (28/6). Ia menambahkan, kini jalan di Tugu Pepadun itu hanya untuk parkir kendaraan bermotor. Tak bisa dilewati untuk kendaraan berat seperti jenis truk fuso, apalagi tronton. Lalu, untuk apa dana Rp700 juta tersebut? Dia menjelaskan, anggaran itu akan dialokasikan untuk perbaikan jalan-jalan tertentu. Seperti jalan protokol dan jika ada kegiatan tertentu. Ia memprediksi 2011, pelapisan jalan dapat direalisasikan. Pihaknya sedang mencari bantuan ke pusat agar dapat dikucurkan ke Lamteng. Seperti belum lama ini, ke Jakarta untuk meminta bantuan dari APBN dan penanggulangan bencana.

Penjelasan Joko itu untuk menanggapi komentar Dinas Perhubungan Lamteng yang berjanji menyalakan kembali traffic light di Tugu Pepadun jika jalan sudah diperbaiki. ’’Percuma kalau traffic light dinyalakan, tapi sarana jalannya tidak diperbaiki. Karena itu akan mengakibatkan kecelakaan lalu lintas. Jangan sekadar tambal-sulam, tapi dengan penebalan badan jalan,” ujar Kadishub Drs. Arly Rasyid, M.M. Arly mengatakan, Dishub Lamteng sebenarnya hanya sebagai penikmat dari traffic light yang telah terpasang. Kemudian untuk pelaksanaannya, ada pada pihak kepolisian terkait pelanggaran ramburambu lalu lintas. (jar/gde/rnn/ade)

Gudang Terbakar, Kerugian Ratusan Juta BANDARSRIBHAWONO – Ketika asyik-asyiknya menonton pertandingan Piala Dunia antara Argentina vs Meksiko, masyarakat dua desa di Kecamatan Bandarsribhawono, Lampung Timur, geger. Gudang furnitur milik Fransiskus Susilo (45) di Pasar Simpang Sribhawono pukul 01.25 WIB kemarin (28/6) terbakar. Api membesar diperkirakan sejak pukul 01.00 WIB. Namun, baru diketahui warga setengah jam kemudian setelah asap tebal membumbung tinggi ke langit. Gudang di Dusun II RT 12/RW 04, Desa Srimenanti, yang berbatasan dengan Desa Matarambaru, Dusun IV, tersebut ludes. Penyebab amukan jago merah diperkirakan akibat korsleting arus listrik. Kerugian yang timbul diperkirakan mencapai Rp250 juta– Rp300 juta. Meskipun rata dengan tanah, kesigapan petugas Mapolsek Bandarsribhawono yang dipimpin langsung AKP Suherman patut diacungi

jempol. Mereka yang datang ke lokasi ketika api masih berkobar, bahu-membahu bersama warga memadamkan api dengan peralatan dan air seadanya. Sebab, gudang berada di permukiman padat penduduk. Beberapa anggota mapolsek berhasil melokalisasi api setelah berjuang hingga pukul 04.30 WIB atau empat jam. ’’Dari olah TKP dan keterangan saksi maupun pemilik gudang, ini murni kebakaran yang tidak disengaja,” ujar Kapolsek. Mulanya warga mengira, suara gemuruh yang terdengar dari terbakarnya lemari, sofa, dan furnitur adalah gemuruh hujan. ’’Tapi, kok ada api memercik,” ungkap Basri (54), warga Desa Matarambaru, yang kali pertama mengetahui kejadian itu. Lelaki itu setiap malam hingga pagi berjualan nasi goreng yang berjarak sekitar 40 meter. Ia juga dipercaya Fransiskus untuk mengawasi gudang tersebut. Namun, malam itu, dia juga asyik menonton pertandingan sepak bola.

Fransiskus, pengusaha Toko Harco –pemilik gudang–, hanya bisa pasrah. Istrinya, Lim Sandria (42), sempat shock dan tidak percaya karena harus menanggung kerugian ratusan juta. Meski demikian, pada akhirnya pasangan pengusaha berdarah Tionghoa ini bisa menerima kejadian itu. Fransiskus mengatakan, sebelumnya gudang furniturnya sering korsleting dan lampu yang menerangi gudangnya mati. Bahkan enam bulan yang lalu pernah juga terjadi hubungan arus pendek yang membuat lampu mati dan menimbulkan percikan bunga api di jalur listrik dekat tiang. ’’Sudah diperbaiki petugas PLN dengan mengganti kabel jalur yang terbakar dan termis,” ungkapnya. Dia mengakui hanya menggunakan listrik berdaya 900 watt. Terakhir, korsleting dua hari sebelum kebakaran pada Sabtu (26/6) malam. Ketika itu, ia ditelepon Iyon, warga sekitar gudang. Ia kemudian memperbaikinya sendiri. (eru/ade)

REZEKI DADAKAN: Menghadapi tahun ajaran baru, banyak pedagang buku dadakan bermunculan di Bandarjaya Plaza. Rezeki menjelang sekolah.

FOTO RNN

Sidak PSB, Sekolah Di-warning METRO – Komisi B DPRD Kota Metro melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sekolah yang melakukan tes penerimaan siswa baru (PSB) kemarin (28/6). Salah satu sekolah yang disidak, misalnya SMAN 3, dengan pendaftar sebanyak 765 siswa. Anggota Komisi B Nasiryanto Effendi mengatakan, sidak dilak-

sanakan untuk memastikan PSB berjalan objektif dan transparan. Dalam kesempatan tersebut, komisi B meminta masing-masing sekolah tidak menerima calon siswa melebihi daya tampungnya. Berdasar kesepakatan yang ada, daya tampung per kelas maksimal 36 siswa. ’’Begitu juga ruang kelas, kalau memang tidak lagi memiliki rua-

ngan, jangan memaksakan diri untuk menerima. Jangan sampai calon peserta didik melebihi daya tampung yang ada,” ujarnya. Dalam kesempatan sama, Sudarti yang juga anggota komisi B menambahkan, menurut keterangan pihak sekolah, pengumuman hasil ujian diperkirakan 5 Juni 2010. Kemudian daftar ulang bagi peserta

yang lulus tes pada 9 Juni 2010. Dia berharap proses tes penerimaan siswa baru ini dapat berjalan dengan lancar dan para siswa dapat masuk sekolah pilihannya. ’’Nantinya yang tidak masuk pada sekolah yang diinginkan, jangan berkecil hati. Sekolah lainnya pun sama saja,” pungkasnya. (rin/ ruf/ade)

Cemari ABG, Tamatan SD Dibekuk

FOTO FAJAR/RNN

TARI BALI: Gelar budaya Lampung di Gedung Sesat Agung Nuwo Balak, Gunungsugih, Lampung Tengah, kemarin (28/6) yang salah satunya menampilkan tarian Bali.

PERUMAHAN

BERINGIN RAYA LANGKAPURA Hunian Nyaman di Alam Bebas Banjir TERSEDIA TYPE RUMAH MULAI DARI

KAMI HADIR JUGA DI PERUMAHAN

“SUKARAJA INDAH” Kec. Gd.Tataan Lampung Selatan

FASILITAS  Lokasi terjangkau angkutan umum  Sarana dan Prasarana lengkap.  Sarana Pendidikan TK-SD-SLTP-SLTA  Lokasi Pasar  Sarana pemakaman umum  Dll.

DP. RINGAN DAPAT DIANGSUR SELAMA MASA PEMBANGUNAN TANPA BUNGA

PT. SINAR WALUYO Perwakilan Lampung Jl. Jend. Sudirman No. 94 Telp. 253800 - 261 371 Rawa Laut Bandar Lampung

SUKADANA – Polres Lampung Timur mengamankan Totok (20), warga Kampung Gayabaru, Bandarsurabaya, Lampung Tengah, kemarin (28/6). Pemuda tamatan sekolah dasar (SD) tersebut disangka mencabuli MA (16), warga Desa Sidodadi, Sekampung, Lamtim. Kapolres Lamtim AKBP M. Nurokhman melalui Kasatreskrim AKP Heru Irianto menjelaskan, tersangka ditangkap atas laporan paman korban ke Mapolres Lamtim, Minggu (27/6). Kepada petugas, le-

laki itu menyatakan keponakannya telah dicemari tersangka pada Kamis (24/6). Tersangka mendatangi korban di rumah kakeknya di Desa Sidodadi. Kemudian ia memaksa korban yang masih kelas tiga SMA untuk menuruti nafsu bejatnya pada pukul 01.00 WIB. Perbuatan tersangka tersebut sempat dipergoki kakek korban yang curiga dengan suara berisik di dalam kamar cucunya. Tersangka langsung kabur melalui pintu belakang.

Semula, pihak keluarga tidak berniat melaporkan kejadian itu ke Mapolres Lamtim. Sebab, korban mengaku belum melakukan perbuatannya. Namun, setelah didesak korban mengakui telah dinodai tersangka. Korban terpaksa menurut karena tersangka mengancam untuk meninggalkannya dan menikahi wanita lain. Tersangka mengakui perbuatannya. Menurut dia, dirinya mengenal korban sejak beberapa bulan lalu. Kala itu, korban bertandang ke rumah kerabatnya di Kampung Gaya-

baru, Lamteng. Dari perkenalan tersebut, tersangka dan korban sepakat memadu kasih. Tersangka juga mengakui sebelumnya pernah melakukan hal yang sama ketika korban berada di rumah kerabatnya di Gayabaru itu. Semuanya mereka lakukan atas dasar suka sama suka. Heru menerangkan, korban masih di bawah umur, Polres Lamtim menahan tersangka dan menjeratnya dengan UU Perlindungan Anak No. 23/2002. (wid/ade)


LAMPUNG RAYA SELASA, 29 JUNI 2010

31

Tuba-Tuba Barat-Mesuji

Pemilik Toko Tewas Ditembak Perampok FOTO IST

PENUTUPAN TMMD: Bupati Tulangbawang Abdurachman Sarbini saat penutupan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-84 tahun 2010 di Desa Sukamakmur, Kecamatan Penawaraji, kemarin.

SK Turun, Jadwal Pelantikan Belum Jelas MESUJI – Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. akhirnya menandatangani surat keputusan (SK) tentang penetapan pimpinan definitif DPRD Mesuji periode 2009–2014. SK gubernur itu telah ditetapkan sejak Jumat (25/6). Kepastian terbitnya SK pimpinan dewan definitif tersebut diungkapkan Kepala Biro Hukum Pemprov Lampung Gunawan Riadi. Menurutnya, ketiga pimpinan kolektif DPRD Mesuji sudah disetujui gubernur dan telah tertuang dalam SK. ’’SK-nya sudah diambil Sekretariat DPRD Mesuji. Kini, pimpinan dewan definitif yang telah ditetapkan

sudah bisa dilantik. Prosesnya tidak lagi di provinsi, tapi sekretariat DPRD setempat yang akan menggelar jadwal pelantikan,” terangnya kemarin. Meski begitu, Sekretariat DPRD tersebut sampai kemarin belum menjadwalkan proses pengucapan dan pengambilan sumpah atau janji jabatan pimpinan dewan definitif. Menurut Sekretaris DPRD Mesuji M. Isya Sulharis, pelaksanaan proses pengucapan dan pengambilan sumpah atau janji jabatan akan ditentukan dalam rapat pimpinan (rapim). ’’Rencananya, rapim digelar besok (hari ini) sekitar pukul 09.00–10.00

WIB,” katanya. Isya menambahkan, pelaksanaan pengucapan dan pengambilan sumpah atau janji jabatan bergantung hasil rapim hari ini. ’’Pastinya, kami ingin secepatnya. Supaya pimpinan dewan definitif segera dilaksanakan. Sehingga, kinerja lembaga ini bisa maksimal,” ungkapnya. Diketahui, DPRD Mesuji telah mengumumkan tiga pimpinan definitif sesuai hasil paripurna yang digelar pertengahan Juni 2010. Ketiga legislator itu antara lain Haryati Chandralela (Partai Golkar) sebagai Ketua DPRD; Eddi Anwar (Demokrat) mengisi

posisi Wakil Ketua I; dan Supriyanto (PKPB) yang ditetapkan Wakil Ketua II. Ketiga nama wakil rakyat itu merupakan rekomendasi partai politik masing-masing. Pengisian pimpinan DPRD ini sesuai torehan jumlah suara yang partai ketika pileg beberapa waktu lalu. Rapat paripurna yang mengumumkan ketiga nama pimpinan dewan definitif ini memang terkesan lamban. Sebab, Tulangbawang Barat sudah menetapkan tiga pimpinan dewan sejak akhir Mei. Kondisi ini memberikan ekses negatif terhadap pengawasan kinerja

Pemkab Mesuji. Sebanyak 25 anggota DPRD setempat belum bisa optimal melakukan monitoring kebijakan maupun program yang dibiayai APBN/APBD dan pembahasan peraturan daerah. Padahal, keberadaan para legislator ini hampir dua bulan di daerah otonomi baru tersebut. Tidak hanya itu. Dampaknya juga berpengaruh terhadap pembentukan alat kelengkapan dewan yang sampai kini belum terealisasi, karena tidak ada pimpinan dewan definitif. Draf peraturan tata tertib DPRD Mesuji juga belum selesai dievaluasi tim provinsi. (gan/adi)

Ruswandi Janji tak Ada Pejabat Non-job MESUJI – Penjabat (Pj.) Bupati Mesuji Ruswandi Hasan berjanji tidak akan menon-job-kan pejabat eselon III dan IV yang masuk dalam lingkaran mutasi. Penegasan ini disampaikannya seusai melantik 53 pejabat pemkab setempat di aula Pemkab Mesuji kemarin. ’’Saya pastikan tidak ada istilah pejabat non-job dalam mutasi hari ini (kemarin) maupun waktu mendatang. Namun, tidak ada istilah nonjob ini harus disesuaikan perbuatan para pejabat tersebut,” kata mantan asisten III Pemkab Pesawaran ini kemarin. Ruswandi akan memasukkan pejabat dalam ’’kotak’’, apabila perbuatan atau tindakannya melanggar ketentuan yang berlaku. ’’Kalau masih dapat dipertangungjawabkan, tidak perlu non-job. Jika pun ada, hal itu bukan non-job. Tetapi sebatas pembinaan saja,” tegasnya. Karenanya, ia melanjutkan, para pejabat yang dilantik harus bekerja maksimal dan patuh terhadap aturan.

Ia juga meminta pejabat yang baru disumpah supaya bisa menyesuaikan diri di lingkungan kerjanya masingmasing. ’’Silakan melakukan koordinasi dengan staf untuk merumuskan kebijakan pembangunan ke depan,” tuturnya. Meski begitu, Ruswandi kembali mengisyaratkan akan melakukan rolling untuk tahap keempat pada 2010. ’’Tentunya mutasi ini harus berdasarkan rumusan Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat). Untuk itu, tidak ada kepentingan apa pun dalam mutasi pejabat ini,” jelasnya. Para pejabat yang terkena rolling kemarin berasal dari eselon III dan IV. Mereka antara lain camat, kepala bidang (Kabid) atau inspektur pembantu (Irban), kepala sekolah (Kepsek), dan pengawas sekolah. Turut hadir dalam pelantikan tersebut Ketua Sementara DPRD Mesuji Haryati Candralela, para asisten, kepala dinas, badan, dan kantor di lingkungan pemkab setempat. (gan/adi)

BANJARMARGO - Kasus perampokan disertai pembunuhan kembali terjadi di wilayah hukum Polres Tulangbawang. Kali ini, kawanan perampok yang diduga berjumlah lebih dari dua orang beraksi di rumah yang merangkap toko bahan material milik Frengky Suyono (46), warga Desa Penawarjaya, Kecamatan Banjarmargo, Tuba, sekitar pukul 20.00 WIB Minggu (27/6). Dalam menjalankan aksinya, para pelaku yang diduga menggunakan senjata api (senpi) itu terbilang cukup sadis. Korban yang kebetulan tinggal seorang diri di rumah dihabisi dalam kamarnya. Dari hasil pemeriksaan terdapat dua lubang di bagian perut. Meski dari hasil olah tempat kejadian perkara petugas belum menemukan selongsong pelurunya, diduga kuat lubang itu adalah bekas luka tembak senjata api milik pelaku. Selain itu, di bagian dagu korban juga terdapat luka sayat. Jasad Frengky saat ditemukan tetangganya, Supri (42), dalam kondisi kedua tangan dan kaki terikat. Bagian mulut korban juga ditutup lakban serta di bagian wajahnya terdapat luka memar. Dari penjelasan Supri, dirinya mengetahui kondisi korban saat akan membeli paku di tokonya, sekitar pukul 19.00 WIB. ’’Beberapa kali saya memanggil nama korban, tetapi tidak ada jawaban. Akhirnya saya memberanikan diri masuk ke warung korban. Saat itu, saya lihat korban sudah terikat dan tidak bernyawa lagi. Saya langsung melaporkan ke Polsek Banjaragung,” ujarnya.

Supri sendiri sebelumnya mengaku tidak memiliki kecurigaan. Pasalnya, saat berada di rumahnya yang berhadapan persis rumah korban, ia mengaku tidak mendengar suara atau melihat gerak-gerik yang mencurigakan. ’’Rumah saya memang berhadapan persis dengan rumah korban. Tetapi, saya tidak mendengar suara apa pun,’’ ungkapnya. Pernyataan Supri ini dilengkapi keterangan Yanto, warga lainnya. Meski tidak melihat kejadian mencurigakan, Yanto curiga dengan kondisi rumah korban yang berbeda dengan hari biasanya. ’’Biasanya sekitar pukul 17.00 WIB, rumah dan toko korban sudah tutup dan terkunci rapat. Kemudian lampu depan teras toko sudah dinyalakan oleh pemilik toko bahan bangunan itu. Tetapi tadi (diperkirakan saat kejadian, Red) lampu belum hidup dan toko juga belum ditutup,” ujarnya. Namun dari kejadian ini, ada sedikit kejanggalan. Saat kejadian tersebut, tidak ada benda berharga yang hilang. Padahal, di kamar korban ditemukan uang tunai sekitar Rp20 juta, 4 unit handphone, dan barang-barang elektronik lainnya yang terbilang cukup mahal. Semua barang tersebut masih utuh ditinggalkan pelaku. Sementara itu, Kapolres Tuba AKBP Benny Ali didampingi Kapolsek Banjaragung AKP Jufril Saleh mengatakan, belum dapat memastikan motif dari pembunuhan ini, apakah murni perampokan atau lainnya. ’’Kasus itu masih kami selidiki,” ujarnya. (fei/fik)

Dinas Pendidikan Kembangkan PLS

FOTO SEGAN P.S.

LANTIK PEJABAT: Penjabat Bupati Mesuji Ruswandi Hasan melantik camat dan sejumlah pejabat eselon III dan IV di aula pemkab setempat kemarin.

MENGGALA - Dinas Pendidikan (Disdik) Tulangbawang terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Salah satu upayanya adalah mengembangkan pendidikan luar sekolah (PLS). Dikatakan Kepala Disdik Reksi Edward, banyak anak di Tuba yang terpaksa putus sekolah. Mereka tak bisa melanjutkan pendidikan karena berbagai sebab. ’’Nah, untuk menekan tingginya angka putus sekolah di kabupaten ini, kita memberikan pendidikan luar sekolah. Misalnya, pendidikan paket A atau setaraf SD, pendidikan paket B atau setaraf SMP, dan pendidikan paket c atau setara SMA,” ujarnya. Selain itu, lanjut Reksi, pihaknya terus memeratakan pendidikan anak usia dini (PAUD). ’’Usia dini me-

rupakan usia yang paling baik bagi para orang tua untuk memberikan pendidikan dan mengajarkan moral yang baik kepada anak-anak. Sebab, anak usia dini mudah menyerap ilmuilmu atau pola perilaku yang kita berikan,” kata Reksi. Saat ini, imbuhnya, untuk PAUD rata–rata di tiap kecamatan sudah memilikinya. Ke depan diupayakan semaksimal mungkin untuk memeratakan PAUD. Bahkan bila perlu di tiap kampung ada PAUD. Dikatakan Reksi, upaya peningkatan mutu pendidikan itu tidak akan berhasil tanpa dukungan dan partisipasi masyarakat. ’’Guna menuju pendidikan yang lebih baik tentunya dibutuhkan dukungan dari masyarakat, utamanya para orang tua,” tandasnya. (rnn/fei/adi)


LAMPUNG RAYA

32

Harapan Sekdes Pupus

Pemeriksaan Kasus Pilratin Dua Pekon Rampung BENGKUNATBELIMBING – Proses pemeriksaan kasus calon peratin (catin) terpilih Pekon Sukanegeri dan Pemerihan, Kecamatan Bengkunatbelimbing, Lampung Barat, oleh inspektorat setempat rampung. Kepala Inspektorat Drs. Ibrahim Amin, M.M. mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan, panitia pemilihan peratin (pilratin) kedua pekon tersebut terbukti bersalah. Panitia dinilai melanggar Peraturan Pemerintah (PP) RI No. 72/2005 tentang Desa pada Bagian Keempat Pemilihan Kepala Desa pasal 44 huruf (d) yang berbunyi penjabat berusia paling rendah 25 tahun dan pasal 46 ayat 1 berbunyi kepala desa dipilih langsung oleh penduduk desa dari calon yang memenuhi syarat. Kemudian, melanggar Perda No. 15/2006 tentang Pemilihan dan Penetapan Peratin pada pasal 9 ayat 1 huruf (e), pasal 11 huruf a,b,c, pasal 12 ayat 3 dan 5, serta pasal 13 ayat 1 dan 2. Selain itu, panitia pengawas pilratin di kedua pekon tersebut juga dinilai tidak cermat dalam melaksanakan tugas. Selain itu, panitia pengawas juga terbukti tidak melaksanakan tugas kedinasan dengan baik. Yakni tidak melaksanakan tugas sesuai PP No. 30/1980 Bab II kewajiban dan larangan bagi PNS sebagaimana tertuang dalam pasal 2 tentang kewajiban huruf g dan h. Terkait hasil pemeriksaan itu, pihaknya telah menyampaikan laporan kepada bupati. ’’Hasil pemeriksaan kasus dua catin yang melanggar perda itu telah kita kirimkan kepada bupati hari ini (kemarin, Red),” ujar Ibrahim kepada wartawan koran ini. Dalam laporan itu, pihaknya menyarankan kepada bupati untuk mengambil langkah-langkah. Di antaranya memerintahkan panitia pengawas pilratin Lambar memeriksa panitia pilratin dan LHP Pekon Pemerihan untuk membatalkan hasil pilratin Pekon Pemerihan yang telah ditetapkan melalui keputusan LHP No. 141/08/LHP-PM/V/ 2010 tanggal 21 April 2010 tentang Penetapan Calon Terpilih Peratin Pekon Pemerihan. Kemudian membatalkan hasil pilratin Pekon Sukanegeri yang telah ditetapkan melalui keputusan LHP No. 141/05/LHP-SN/V/2010 tanggal 18 Mei 2010 tentang Penetapan Calon Terpilih Peratin Pekon Sukanegeri, Kecamatan Bengkunatbelimbing. (lus/lam)

Masyarakat Keluhkan Minimnya Bank BLAMBANGANUMPU – Masyarakat Waykanan mengeluhkan sangat minimnya keberadaan bank, baik milik pemerintah maupun swasta, di kabupaten setempat. Sehingga tidak jarang, mereka terpaksa harus ke Bukitkemunung, Lampung Utara, untuk sekadar menabung atau transfer. Demikian ungkap Syah Maulana, warga Blambanganumpu. ’’Bahkan tidak jarang, sudah datang jauh ke Bukitkemuning, kami mendapat pelayanan kurang memuaskan dari petugas bank yang cuek dan lelet (lambat, Red),” katanya kemarin (28/6). Menurutnya, jika Pemkab Waykanan tanggap, semestinya masyarakat setempat tidak perlu lagi jauh ke Bukitkemuning untuk bertransaksi melalui bank. ’’Di Waykanan memang sudah ada Bank Lampung, tapi belum memiliki fasilitas online ke semua bank. Sementara, kami sangat membutuhkan bank yang online ke semua bank, baik milik swasta maupun pemerintah,” ujarnya. Lebih jauh Maulana menuturkan, satu-satunya bank yang menjadi pilihannya selama ini yaitu BNI Bukitkemuning. Meskipun, dirinya pernah dirugikan bank pelat merah tersebut. Itu ketika ia mentransfer uang Rp70 juta ke saudaranya di Jakarta melalui jasa RTGS Bank BNI Bukitkemuning. Saat itu setelah semua syarat ia penuhi kemudian diperiksa pegawai bank setempat dan dinyatakan semua yang tertera di blangko benar, ia pun meninggalkan bank tersebut. ’’Saya kirim uang itu pukul 10.06 WIB dari BNI Bukit. Tapi hingga pukul 12.00, saya dihubungi kakak di Jakarta bahwa uang tersebut tidak sampai. Lalu, saya konfirmasi ke pihak BNI Bukitkemuning dan malah menyalahkan. Sebab, menurutnya, tidak menyatakan ke bank mana saya kirim. Padahal, saya sudah tulis jelas-jelas di blangko milik BNI tersebut untuk mengirim uang ke Bank UOB Buana. Ternyata dikirim pegawai BNI ke Bank UOB Indonesia sehingga uang tidak sampai,” katanya.(sah/rim)

SELASA, 29 JUNI 2010

Lampung Barat-Waykanan-Lampung Utara

BALIKBUKIT – Pemkab Lampung Barat memastikan 2010 tidak ada pengangkatan juru tulis (jurtul/Sekdes) menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Kepastian itu mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) No. 45/2007 tentang Tata Cara Pengangkatan Jurtul/Sekdes Menjadi PNS. Di mana dalam PP tersebut dijelaskan bahwa pengangkatan jurtul paling lambat 2009. Demikian diungkapkan Sekretaris Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Pekon (BPMPP) Drs. Ahmad Hikami dalam rapat koordinasi (rakor) bulanan di aula pemkab setempat kemarin. Menurutnya, hingga 2009 jumlah jurtul di Lambar yang telah di-

DIDUGA HASIL CURIAN: Sebuah mobil Avanza tanpa pelat dibuang ke jurang sedalam 25 meter di Kampung Negeribaru, Blambanganumpu, pukul 12.00 WIB kemarin (28/6).

angkat menjadi PNS sebanyak 116 orang. Sedangkan yang belum diangkat 76 orang. ’’Namun, bagi jurtul yang belum diangkat menjadi PNS sesuai PP tersebut akan diberikan konfensasi. Untuk pekon yang jurtulnya belum PNS, akan diambil dari PNS di lingkungan pemkab dengan catatan minimal golongan 2/A,” ujarnya. Sementara, masih dalam kesempatan yang sama, Sekkab drh. Hi. Havanzo Pian mengimbau kepada seluruh PNS agar bekerja sesuai tugas dan fungsi (tufoksi) masing-masing. ’’Saya juga mengingatkan khusus honorer guru ngaji dan asuransi kematian Rp1 juta/orang harus mutlak diterima warga. (lus/lam)

FOTO HERMANSYAH

FOTO DOK. POLRES

MUSNAHKAN BB: Kapolres Lampung Barat AKBP Sugeng Suprijanto bersama Kepala Kejaksaan Negeri Liwa Rahmat Triono, S.H. menyaksikan pemusnahan barang bukti (BB) ganja, sabu-sabu, dan ribuan minuman keras hasil razia di halaman mapolres setempat kemarin.

Judi Leng, Dua Remaja Diamankan KOTABUMI – Satreskrim Polres Lampung Utara mengamankan dua pejudi leng. Masing-masing Herwandi (25), warga jalan jalur dua Talang Ogan, Kelurahan Kotaalam, Kecamatan Kotabumi Selatan, dan Danal Aliansyah (21), warga Jl. Kapten Mustofa, Kelurahan Tanjungseneng, Kotabumi Selatan, kabupaten setempat. Keduanya diciduk saat asyik bermain judi leng di sebuah gubuk di tengah-tengah perkebunan sawit di jalur dua Talang Ogan, Minggu (27/6) sekitar pukul 15.00 WIB. Dari kedua remaja ini pula, polisi menyita barang bukti dua set kartu remi, uang Rp75.000, dan dua lembar tikar berwarna hijau yang digunakan untuk bermain judi. Kini, kedua pelaku berikut barang buktinya

diamankan di Mapolres Kotabumi Selatan guna penyidikan lebih lanjut. Ditemui di ruang kerjanya kemarin, Kasatreskrim AKP Edhy Cahyono mewakili Kapolres Lampura AKBP Lukas Akbar Abriari, S.I.K., M.H. membenarkan penangkapan tersebut. Itu atas informasi warga bahwa di tempat tersebut kerap dijadikan tempat perjudian. ’’Setelah mendapatkan informasi tersebut, kami melakukan penyelidikan dan langsung melakukan penangkapan terhadap para pelaku yang saat itu sedang bermain judi leng. Keduanya pun tidak dapat berkutik. Namun tiga rekan lainnya, yaitu Amin, Adi, dan Mansyur, berhasil melarikan diri,’’ terang mantan Kasatreskrim Polres Tanggamus ini.

Sementara di hadapan petugas, Herwandi dan Danal Aliansyah mengakui semua perbuatannya. Keduanya mengaku baru kali pertama bermain judi di tempat tersebut. Mereka melakukannya sekadar iseng dengan taruhan Rp1.000– Rp2.000. ’’Kami main judi tersebut hanya mengisi waktu kosong karena belum memiliki pekerjaan tetap,’’ ungkap Herwandi diamini Danal. (ari/rim) Hari yang sama, petigas polsek setempat juga menangkap Nw (14) warga Jl. Raden Intan Tanahmiring, Kelurahan Kotaalam, Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara (Lampura), dan Ju (11), warga Jl. Tirtayasa Gg. Senen Rt 13 Rw 12 Kelurahan Kaliawi, Kecamatan Tanjungkarang, Bandarlampung.(ari/rim)

Satu Warga Batubrak Hilang BATUBRAK – Khodena (75), warga Pekon Gunngsugih, Kecamatan Batubrak, Lambar, hilang sejak Minggu (20/6). Lanjut usia (lansia) tersebut meninggalkan rumah seorang diri. Demikian dikemukakan Sekretaris Kecamatan Batubrak Syafrudin mendamping Camat Raswan, S.H., M.M. kemarin. Menurut Syafrudin, seorang warga, Mat Rasyid, mengaku sempat melihat korban pada hari kepergiannya sekitar pukul 17.30 WIB di areal persawahan Tuwing. Saat itu, Mat Rasyid berpapasan dengan Khodena dan sempat menanya-

kan tujuan korban. Namun, korban hanya mengangguk. Sepulangnya dari sawah, Mat Rasyid langsung menuju rumah Khodena dan memberitahukan mantunya,Yuliza (46). Setelah dinanti hingga sekitar pukul 22.00, korban belum juga pulang. Akhirnya, Yuliza bersama beberapa warga lainnya langsung melakukan pencarian. Sayangnya, hingga pukul 00.00, pencarian tidak membuahkan hasil. Keesokan harinya, informasi hilangnya korban menyebar di masyarakat. Pencarian terus dilakukan keluarga korban bersama warga ke areal persa-

wahan Tuwing, perkebunan kopi, sungai, dan hutan sekitar. Tapi, tetap saja tidak ditemukan. Dilanjutkan, bahkan kemarin seluruh juru tulis (jurtul/Sekdes) se-Batubrak dikumpulkan dan ikut melakukan pencarian. ’’Kami bersama seluruh jurtul Batubrak dan masyarakat hari ini (kemarin) melakukan pencarian di sejumlah lokasi yang diperkirakan daerah tujuan korban. Tapi tetap saja tidak ditemukan,” ungkapnya. Ia mengatakan, pencarian akan terus dilakukan pihaknya hingga si nenek tersebut ditemukan. (iusl/lam)


PENDIDIKAN SELASA, 29 JUNI 2010

33

Cerdas Berkualitas

Prodi Bahasa Daerah Mengemuka BANDARLAMPUNG – Pembukaan kembali Program Studi (Prodi) D-3 Bahasa Daerah Lampung yang pernah ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unila 1999 kemudian tutup 2005 kembali digagas. Itu setelah salah satu peserta diskusi Kesiapan Provinsi Lampung Menerapkan Wajar Dikdas 12 Tahun, Cery Saputra, mempertanyakan kenapa prodi tersebut ditutup. Padahal, menurutnya, sekolah-sekolah sangat membutuhkan lulusannya. Selain itu, kata alumnus FKIP tersebut, para alumni Prodi D-3 Bahasa Daerah Lampung yang jumlahnya sangat terbatas itu kini hampir semuanya menjadi guru PNS, namun tidak dapat mengikuti sertifikasi guru. ’’Sebab, mereka tidak bisa melanjutkan kesetaraan ke jenjang strata satu (S-1). Jangankan melanjutkan ke S-1, D-3-nya saja sudah tidak ada. Jika kondisinya seperti ini terus, bagaimana masyarakat Lampung dapat benar-benar melestarikan budaya daerah sendiri khusunya bahasa daerah,” tandasnya pada diskusi di halaman parkir Dekanat FKIP setempat kemarin (28/6). Ketua Umum Ikatan Alumni (Ika) FKIP Unila Eddy Sutrisno yang juga Wali Kota Bandarlampung menambahkan, selama dua tahun terakhir, pemkot membuka penerimaan guru PNS dan untuk formasi guru bahasa daerah tidak pernah terisi karena tidak ada yang mendaftar. ’’Padahal, pemkot sangat membutuhkan guru bahasa daerah Lampung karena kekurangan. Tidak heran, jika kenyataan di lapangan pelajaran itu pun dipegang guru yang bukan dari bidangnya, hanya paham sedikitsedikit. Itu pun bukan orang Lampung. Ini sungguh dilematis,” tukas Eddy. Menanggapinya, Dekan FKIP Unila Prof. Dr. Sudjarwo, M.S. yang menjadi salah satu pemateri dalam diskusi tersebut mengatakan, penutupan Prodi Bahasa Daerah Lampung bukan tanpa alasan. Kecuali Kota Bandarlampung dan Metro, tandasnya, dalam setiap penerimaan PNS tidak pernah ada formasinya. ’’Akhirnya kami pun menutup. Itu setelah kami berkali-kali menyurati pemprov dan semua pemerintah kabupaten/kota untuk membuka formasi guru bahasa daerah Lampung dalam penerimaan PNS. Namun, tidak pernah ada tanggapan. Kecuali Bandarlampung dan Metro yang hingga kini memang selalu terbuka. Sedangkan, pemda lainnya cuek,” tutur dia. Jika ke depan kabupaten/kota benar-benar membutuhkan, tambahnya, tidak menutup kemungkinan prodi tersebut dibuka kembali. Selaras disampaikan pemateri diskusi lainnya dari Komisi V DPRD Provinsi Lampung Ahmad Nyerupa, prodi tersebut perlu dibuka untuk melestarikan bahasa Lampung yang mulai punah. Hadir pula dalam diskusi yang dilakukan usai peletakan batu pertama gedung Ika FKIP Unila kemarin, Ketua PGRI Lampung Izhar Matrian, Sekretaris Disdik Lampung Herlina W.N., Kadisdik Bandarlampung Idrus Effendi, dan anggota Komisi D DPRD Bandarlampung Albert Alam. Masing-masing menyampaikan kesiapan Provinsi Lampung menerapkan Wajar Dikdas 12 Tahun. (rim/tru)

SMTI Bekali Siswa-Siswi dengan AMT

FOTO MARIA ULFA

DISKUSI: (Dari kanan) Dekan FKIP Unila Sudjarwo, Ketua PGRI Lampung Izhar Matrian, DPD RI Ahmad Djajuli, Kadisdik Bandarlampung Idrus Effendi, Albert Alam (Komisi D DPRD Bandarlampung), Ahmad Nyerupa (Komisi V DPRD Lampung), dan Bujang Rahman (PD1 FKIP Unila) membahas Wajar Dikdas 12 Tahun di lapangan parkir FKIP Unila kemarin (28/6).

Tes PSB Tidak Ada Kecurangan BANDARLAMPUNG – Tes penerimaan siswa baru (PSB) SMA sederajat kemarin dimulai pukul 08.30 WIB di gedung serbaguna (GSG) Unila. Tes berlangsung lancar. Peserta dijaga para pengawas dan panitia dari SMKN 2, 3, dan 4 Bandarlampung. Saat ditemui di lokasi tes, Eddy selaku panitia mengatakan lancar. Dia juga menegaskan, tidak ada kecurangan selama tes berlangsung. ’’Jumlah peserta tes untuk masuk SMKN 2 sebanyak 1.260 calon siswa, SMKN 3 (546), dan SMKN 4 (680),” sebutnya.

Ketika ditanya mengenai isu jualbeli kunci jawaban, ia menegaskan, hal itu tidak ada. Khususnya di GSG tempat dia mengawas tes PSB. ’’Selama tes berlangsung, khususnya yang di GSG Unila ini, tidak ada kecurangan apa pun. Indikasi penyebaran kunci jawaban juga tidak ada. Semua berjalan normal dan sesuai prosedur,” katanya. Selain itu, dia menjelaskan, SMKSMK RSBI di Provinsi Lampung memiliki dua jalur penyelenggaraan PSB. Pertama, sebutnya, jalur prestasi. ’’Jalur ini disediakan bagi siswa SMP yang berprestasi dengan ranking 1–10 di

semester tiga, empat, dan lima,” ujarnya. Selain itu, memiliki nilai rata-rata rapor 7,00 pada semester tiga, empat, dan lima untuk bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Matematika, serta IPA. Atau, memiliki prestasi lain dalam berbagai perlombaan baik akademik maupun ekstrakurikuler termasuk olahraga dan seni. ’’Kedua, reguler. Yaitu jalur yang disediakan untuk para lulusan SMP dengan kualifikasi prestasi tersebut maupun tidak,” ungkapnya. Setelah melalui proses pendaftaran serta tes

wawancara dalam bahasa Inggris dan kemampuan tentang teknologi informasi, pendaftar harus mengikuti tes tertulis yang dilaksanakan kemarin. Sebelumnya diberitakan, ada rumor merebaknya jual-beli kunci jawaban tes PSB maupun kursi. Harga yang ditawarkan mulai Rp3 juta untuk sekolah pilihan pertama, kedua (Rp2 juta), dan ketiga (Rp1 juta). Wali Kota Eddy Sutrisno meminta Disdik Bandarlampung mewaspadainya. ’’Saya instruksikan Disdik memantau proses PSB,” begitu katanya. (yna/eka/tru)

BANDARLAMPUNG – Sekolah Menengah Teknologi Industri (SMTI) Tanjungkarang membekali siswa-siswi dengan berbagai pelatihan. Salah satunya achievement motivation training (AMT). Menurut Kepala SMTI Tanjungkarang Drs. Heri Purnomo, M.Pd., itu bertujuan mengetahui minat dan bakat para siswa. Pelatihan yang diikuti 120 siswa SMTI yang baru naik kelas 3 itu berlangsung 22–29 Juni 2010 dengan total 32 jam. ’’Metodenya menggunakan pola bermain sambil belajar. Yakni ditunjang berbagai metode yang menyentuh pikiran, perasaan, dan motorik,” katanya kemarin (28/6). Heri Purnomo, M.Pd. menambahkan, metode yang dipilih itu untuk menggali potensi yang dimiliki siswa-siswi untuk menumbuhkan prestasi bagi siswa. Sehingga, tambahnya, mereka mengetahui tujuan dan memiliki arah guna mengembangkan minat dan bakatnya. Sejak 1994, ujarnya, SMTI telah mengadalan AMT secara rutin yang menghadirkan pemateri dari Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Bandarlampung serta para guru yang telah menerima pelatihan training of trainer yang bersertifikat. ’’Ini sebagai bekal bagi siswasiswi yang akan melakukan praktik kerja industri (prakerin). Dari sinilah pandangan siswa-siswi diarahkan pada kondisi sekarang agar menyadari sepenuhnya di mana dirinya berada, mengetahui ke mana tujuan yang akan diraih, dan punya alasan mengapa harus ke sana,” terang lulusan program Magister Teknologi Pendidikan Unila itu. AMT juga memotivasi anak dalam belajar. ’’Sebab, anak-anak harus tahu mengapa perlu belajar serta arah belajar yang sesuai kebutuhan dan keinginannya. Hal ini bisa dikaitkan dengan pengalaman, berorientasi pada tugas dan masalah, serta lingkungan yang bebas tekanan,” paparnya. Diharapkan, pelatihan ini membangkitkan keinginan siswa untuk berbuat lebih baik. (cia/tru)

Kuncinya Profesionalisme Lulusan Tenaga Keperawatan BANDARLAMPUNG – Faktor yang menentukan kesembuhan pasien yang dirawat di rumah sakit atau institusi kesehatan selain pengobatan, juga profesionalisme tenaga kesehatan. Karenanya, lulusan tenaga kesehatan yang andal dan berkualitas harus dihasilkan lembaga pendidikan keperawatan.

Sehingga, tenaga kesehatan profesional bisa tercipta. Untuk itu, Universitas Malahayati (Unimal) melalui program studi ilmu keperawatan yang berada di bawah fakultas kedokteran program studi ilmu keperawatan terus menjaga komitmen mendidik calon-calon tenaga kesehatan atau

perawat yang profesional. Hari ini, Unimal Bandarlampung kembali menggelar kegiatan pengambilan sumpah profesi ners. Menurut Ketua Program Studi Ilmu Keperawatan Unimal Ns. Gunawan Irianto, M.Kep., Sp.Kom. mendampingi Rektor Unimal Bandarlampung Mustofa Usman,

Ph.D., pengambilan sumpah profesi angkatan IV dilaksanakan di kampus setempat di Jalan Pramuka No. 27, Kemiling, Bandarlampung. ’’Insitusi pendidikan kesehatan berperan penting dalam menentukan kualitas lulusannya,” kata dia seraya menyebutkan, pengam-

bilan sumpah profesi ners kali ini diikuti 20 mahasiswa. Mahasiswa terbaik yaitu Sutarto, S.Kep. dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) 3,64. ’’Para peserta pengambilan sumpah ners telah melakukan kegiatan praktik klinik keperawatan di rumah sakit umum, RS jiwa,

puskesmas, dan panti jompo di wilayah Lampung selama dua semester dengan jumlah 25 SKS,” sebutnya. Di samping itu, mereka juga peserta program B PSIK Unimal yang sebelumnya telah bekerja di insitusi kesehatan negeri maupun swasta.

’’Diharapkan dengan dilakukannya penngambilan sumpah profesi ini, pelayanan kesehatan secara profesional dan paripurna tercipta di setiap institusi pelayanan kesehatan di tempat mereka bekerja sesuai visi-misi Program Studi Ilmu Keperawatan Unimal Bandarlampung,” tambahnya. (tru)


METROPOLIS 34

SELASA, 29 JUNI 2010

Bukan Sekadar Berita

MINIPOLIS Pemeriksaan di Mabes DIREKTORAT Reserse dan Kiminal (Ditreskrim) Polda Lampung merampungkan pemeriksaan sejumlah saksi dalam kasus beras Bulog asal Jawa Tengah. Arah selanjutnya ditujukan kepada Bulog pusat dan Bulog Jateng yang direncanakan pada awal Juli di Mabes Polri. ’’Untuk tanggalnya kira-kira pada 5-6 Juli, yang langsung dipusatkan di mabes. Pemeriksaan direncanakan bersamaan,” terang Kasat II Krimsus Polda Lampung AKBP Drs. Supriyadi kemarin (28/6). Untuk tahap awal, yang akan diperiksa adalah bagian pelayanan publik, sama halnya ketika pemeriksaan pertama terhadap Bulog Divre Lampung. ’’Saat ini, kami sedang tahap koordinasi dengan Mabes Polri terkait pemeriksaan tersebut. Untuk menyingkat waktu, pemeriksaannya dilakukan berbarengan,” terang mantan Kasat I Narkoba itu. (ful/ade)

Kota Baru tak Lagi Prioritas BANDARLAMPUNG – Pembangunan kota baru atau Lampung New City di APBD 2011 terancam tidak dianggarkan. DPRD Lampung tak menjadikannya prioritas dalam penyusunan APBD 2011. ’’Prioritas anggaran pada APBD 2011 harus mendahulukan kepentingan pendidikan, kesehatan, dan perbaikan infrastruktur. Meski begitu, bukan berarti tidak ada. Yang pasti harus disesuaikan kondisi APBD,” ujar Ketua DPRD Lampung Marwan Cik Asan kepada Radar Lampung kemarin (28/6). Politisi asal Partai Demokrat ini mengatakan, pihaknya bukan tidak mendukung pembangunan kota baru tersebut. Apalagi harapan DPRD, pembangunan kota baru nantinya bisa mempercepat kemajuan perekonomian Lampung. ’’Buktinya pada APBD 2010, dana stimulus untuk pembangunan kota baru telah kami setujui sebesar Rp20 miliar. Itu sebagai bentuk persetujuan kami atas adanya pembangunan kota baru tersebut,” tuturnya. Namun, lanjut dia, pemprov diharapkan kreatif dengan menarik investor seperti Ciputra atau Lippo Group. Sehingga dana utama bisa didapatkan dari pihak ketiga. Contohnya proyek pembangunan Jembatan Selat Sunda (JSS). ’’Dengan demikian, tidak terlalu mengganggu keuangan daerah,” tandasnya.

Kasus PLN, Kejati Lemah SUDAH hampir empat bulan dan telah memanggil orang-orang yang diduga memiliki keterkaitan, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung belum bisa mengambil kesimpulan tentang penyelidikan di tubuh PLN setempat. ’’Kami masih melakukan peyelidikan dan pencarian perkara yang diduga adanya pelanggaran. Tetapi, belum bisa disimpulkan. Tim saja baru menghadap tadi,” tutur Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) M. Teguh, S.H., M.H. kemarin (28/6). Terpisah, ketua tim penyidik kepala bagian tata usaha jaksa Darmo Wijoyo menyatakan belum dapat menyimpulkan apa yang sudah diselidiki selama ini. ’’Kemarin kan sudah pernah dilidik, tetapi bukan saya. Jadi data-data yang sudah didapat akan dipelajari dan ditindaklanjuti,” kata Darmo. (hsb/ade)

Bahas LKPj. APBD 2009 Pada bagian lain, penyerahan hasil audit laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPj.) APBD 2009 oleh Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) dilangsungkan Jumat (2/7) mendatang. Namun, DPRD sudah

Dorce Datang, PNS Ramai KEHADIRAN artis ibu kota Dorce Gamalama di kantor Pemerintah Provinsi Lampung sekitar pukul 11.00 WIB kemarin (28/6) membuat suasana pemprov berubah total. Pada hari biasa, hanya sedikit PNS yang berseliweran di jalan koridor kantor di Jl. Dr. Warsito, Telukbetung Utara (TbU), itu. Namun karena Dorce di depan ruang Pusiban, sontak suasananya berubah menjadi ramai. Pantauan Radar Lampung, aktivitas pekerjaan para PNS itu terhenti sekitar satu jam. Sejak pukul 11.00-12.00 WIB, mereka ikut bernyanyi dan bersenda gurau bersama Dorce yang didatangkan khusus untuk menghibur PNS setempat. (whk/ade)

Potong Leher, Masuk RS MENCOBA bunuh diri, Amsarulloh (47), warga Dusun Cukuhmaja, Kelurahan Maja, Kalianda, Lampung Selatan, dilarikan ke UGD RSUD Abdul Moeloek (RSUDAM) kemarin (28/6). Banyak darah keluar dari lehernya. Aksi nekat diduga karena masalah ekonomi. Roni (29), tetangga korban yang ikut mengantarkan, bercerita rekannya itu mencoba menggorok lehernya sendiri pada pukul 12.30 WIB. Aksinya dipergoki istri korban, Choiriyah (40), yang lalu berteriak-teriak meminta pertolongan. Korban sebelumnya dibawa ke RS Kalianda oleh tetangganya. Namun karena keterbatasan alat, korban dirujuk ke RSUDAM pukul 13.30. Kondisinya sangat memprihatinkan. Di mana terdapat 10 jahitan di leher dengan mulut yang terus mengeluarkan darah. (yna/ade)

mengambil ancang-ancang untuk membedah LKPj. tersebut dengan membentuk panitia khusus (pansus). ’’Nanti kan pasti ada rekomendasi dari BPK atas audit LKPj. tersebut. Makanya kita bentuk pansus untuk membahas apa saja yang direkomendasikan,” ujar Marwan. Dia menerangkan, setelah diterimanya hasil audit LKPj. tersebut, DPRD hanya memiliki waktu dua pekan buat membahas, untuk selanjutnya diserahkan kepada eksekutif. ’’Tugas kami juga nantinya memastikan apakah rekomendasi BPK tersebut ditindaklanjuti eksekutif atau tidak,” tandasnya. Alumnus Fakultas Teknik Universitas Indonesia ini memaparkan, hasil audit LKPj. APBD 2009 juga dijadikan referensi DPRD untuk pembahasan APBD ke depan. ’’Karena dari hasil audit itu akan diketahui jumlah sisa lebih perhitungan anggaran (silpa) APBD, sehingga penyusunan APBDP bisa segera kita lakukan,” pungkasnya. Sekadar diketahui, sebelumnya DPRD Lampung tidak henti-hentinya mendesak BPK segera menyerahkan hasil audit LKPj. APBD 2009. Para anggota DPRD yang angkat suara perihal desakan tersebut di antaranya anggota Komisi II DPRD Lampung Immer Darius dan Marwan Cik Asan. Bahkan, DPRD Lampung sempat secara resmi pada pertengahan Mei mengirimkan surat kepada BPK dan gubernur Lampung agar proses pengauditan dipercepat. Ketika itu, Marwan menargetkan akhir bulan ini dokumen-dokumen mengenai APBDP 2009 dan APBD 2010 sudah masuk DPRD Lampung. (whk/ade)

Transaksi Ekstasi dengan Polisi, Tunakarya Dibekuk FOTO YUDHA

MENYERAH: Sobirin (25), warga Kemiling, Bandarlampung, menyerahkan diri ke Kepolisian Sektor Telukbetung Utara, Sabtu (26/6). Ia merasa tidak tenang karena menjadi buronan kasus pencurian sepeda motor Honda Kharisma milik temannya pada 5 Juni lalu.

SPDP Disnakkeswan Ditandatangani BANDARLAMPUNG - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Lampung bergerak cepat. Setelah membentuk tim, mereka kemarin (28/6) memulai penyidikan dugaan penyimpangan APBD Lampung tahun 2008 pada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan). Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Lampung M. Teguh, S.H., M. H. menjelaskan, surat perintah dimulainya penyidikan (SPDP) kasus itu telah ditandatangani Kajati kemarin. Saat itu juga mereka langsung membuat rencana untuk memanggil saksisaksi. Hasil rapat dengan tim beserta sepuluh kepala kejaksaan negeri (Kajari) di Lampung beberapa hari lalu

menyatakan, pihak Kajari juga membantu penyidikan. ’’Ini agar kasusnya cepat selesai,” tutup Teguh. Kejati sebelumnya sudah membentuk tim. Ketuanya Dharmo Wijoyo, S.H. dengan anggota Bangkit Sormin, S.H., M.H., Ikhwan Nul Hakim, S.H., Davis P. Duarsa, S.H., M.H., Edwin, S.H., serta kepala seksi pidana khusus di 10 kabupaten dan kota. Tim memulai penyidikan pekan depan dengan memanggil 35 saksi untuk dimintai keterangan. ’’Saksi terdiri PPTK, penyeleksi barang, pemeriksa barang, dan rekanan-rekanan yang menangani proyek itu,” tutur David. Kejati telah meningkatkan status

penyelidikan ke penyidikan pada 9 Juni 2010. Dalam penyelidikan, pihak kejati telah meminta keterangan pihak yang punya keterkaitan proyek itu sebanyak 24 orang. Dana rakyat tersebut digunakan untuk kegiatan pengadaan hewan ternak (sapi, kambing, dan itik/itik manila), pengadaan obat-obatan untuk ternak, serta pengadaan pakan untuk itik yang diperuntukkan peningkatan rumah tangga miskin di Provinsi Lampung. Modus yang dilakukan untuk penyimpangan dana APBD tersebut dari awal kontrak sudah terjadi kesalahan. Dan saat seleksi ternak serta pengirimannya banyak yang tidak sesuai kontrak. (hsb/ade)

BANDARLAMPUNG - Untuk kali kesekiannya, Direktorat Narkoba Polda Lampung menggagalkan transaksi 350 butir pil ekstasi dan meringkus seorang tersangka. Sayang, pemasok barang haram itu belum ketahuan di mana rimbanya. Kasat I Ditnarkoba Polda Lampung AKBP Parulian Simamora menjelaskan, tersangka yang diamankan adalah Rudianto bin Nangcik (30), warga Dusun III Lepangkecil, Desa Lepangbesar, Abung Barat, Lampung Utara. Polisi juga menyita ponsel. ’’Penangkapan sebenarnya dilakukan Sabtu (26/6) pukul 10.00 WIB. Kebetulan baru kami ekspose kali ini untuk kepentingan penyidikan,” terang Parulian mewakili Direktur Narkoba Polda Lampung Kombespol Budi Santoso di ruang kerjanya kemarin (28/6). Proses tertangkapnya Rudianto berawal dari informasi jika di Desa Lepangbesar kerap terjadi transaksi narkoba. Mengetahui hal itu, Parulian memerintahkan anggotanya menyelidiki informasi tersebut. Hasilnya, tersangka terlibat peredaran

ineks. Kemudian, polisi memancingnya dengan pura-pura membeli ineks. Tanpa curiga, pria tunakarya itu menyetujuinya. Disepakati tempat transaksi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Hajimena, Natar, Lampung Selatan. Nahasnya, saat transaksi, Rudianto ditangkap. Parulian menambahkan, awalnya tersangka memiliki 400 butir ineks. Namun, 50 butirnya telah dijual di Kotabumi. ’’Tersangka ini pemain baru. Dia kooperatif saat kami tangkap,” kata Parulian di hadapan para wartawan kemarin. Kepada penyidik, Rudianto mengaku mendapatkan barang dari Rozi (DPO), warga Baturaja, Sumatera Selatan. Satu butir ineks dibelinya Rp80 ribu. Kemudian, dijualnya lagi seharga Rp85 ribu. Kendati demikian, Rudianto tidak tahu dari mana Rozi mendapatkan pil haram itu. Keuntungan dari bisnis ilegal ini digunakannya untuk kebutuhan hidup. Hingga kemarin, polisi terus memburu pelaku lain. Diduga barang haram itu masih tersimpan dalam jumlah yang besar. (ful/ade)


METROPOLIS

SELASA, 29 JUNI 2010

35

Bukan Sekadar Berita

RUBRIK Coffee Morning berisi tanggapan pihak terkait untuk merespons SMS-SMS yang masuk ke Radar Lampung. Jawaban kali ini disampaikan Ketua DPRD Lampung MARWAN CIK ASAN.

Tolong Perjuangkan Anggaran Jalan YTH. para wakil kami yang ada di gedung DPRD Lampung, tolong perjuangkan anggaran untuk perbaikan jalan. Di seluruh provinsi ini banyak sudah jalan-jalan yang rusak dengan kondisi berlubang yang cukup parah. Tolong jangan tutup mata kalian, bantulah rakyatmu! (081272343123) Jawaban TERIMA kasih atas saran yang disampaikan. Sesuai dengan apa yang telah kami janjikan dan sudah diberitakan di beberapa media massa di Lampung, kami akan memperjuangkan anggaran perbaikan jalan sebesar 20 persen dari APBD Perubahan (APBDP) 2010 dan APBD 2011. Jika 20 persen tersebut terwujud, untuk APBDP 2010 dana yang diperuntukkan bagi perbaikan jalan sebesar Rp60 miliar. Sementara pada APBD 2011 dananya sebesar Rp400 miliar. Jadi total dana untuk perbaikan infrastruktur sebesar Rp460 miliar. Kami juga nantinya akan menyarankan kepada eksekutif untuk memilih prioritas jalan yang akan diperbaiki sehingga perbaikan jalan bisa langsung dituntaskan. Tidak seperti sebelumnya dengan membagi rata dana untuk memperbaiki semua jalan. Dengan begitu, akhirnya perbaikan yang dilakukan hanya secukupnya dari dana yang didapat. Akhirnya, kualitas pengerjaannya tidak bagus dan cepat rusak. Selain itu, kami juga akan membentuk kelompok kerja (pokja) yang tugasnya nanti akan mengawasi pengerjaan proses perbaikan jalan tersebut. Pengawasan akan dilakukan oleh pokja mulai dari proses tender sampai dengan pemeliharaan jalan yang diperbaiki, sehingga hasil dari perbaikan jalan tersebut memang benar-benar berkualitas. Kami nantinya juga akan mengagendakan pembuatan peraturan daerah (perda) mengenai pengendalian beban angkutan karena tidak dapat dipungkiri bahwa rusaknya jalan juga disebabkan banyaknya kendaraan yang membawa angkutan melebihi kapasitas yang sudah ditentukan. Karena itu, solusinya adalah dengan membuat perda untuk mengendalikan beban angkutan kendaraan. (whk)

Tiup...

Sambungan dari Hal. 36

Diketahui, Panda bersama sejumlah alumni SMAN 2 Bandarlampung akan menggalang bantuan di Chandra Superstore. Kegiatan ini rencananya dilakukan selama dua hari pada 3–4 Juli 2010. Selain Panda, Radar Lampung juga terus menggalang dana untuk membantu penderitaan Anisa Maulidia Rahma. Beberapa waktu lalu, Deputy General Manager PT Wahana Semesta Lampung –penerbit SKH Radar Lampung– Taswin Hasbullah mengatakan, bantuan dapat disalurkan dengan dua cara. Yakni melalui Radar Lampung yang beralamat di Jl. Sultan Agung No. 18, Kedaton. ’’Pemberi bantuan dapat datang pada jam kerja menemui saudari Siti Mardiyah,” katanya. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi (0721) 782306. Bantuan juga dapat disalurkan melalui BCA KCU Bandarlampung a.n. Nurbadiah dengan nomor rekening 0200847211. (yna/ais)

KPRI Ragom Gawi Serahkan ONH, Beasiswa, dan Bingkisan BANDARLAMPUNG – Upaya meningkatkan kesejahteraan anggotanya dilakukan KPRI Ragom Gawi dengan menggelar kegiatan sosial kemarin (28/6). Yakni penyerahan beasiswa anak berprestasi dan bantuan pendidikan kelulusan SD/SMP/SMA untuk anak anggota kurang mampu. Kemudian memberikan bingkisan kepada anggota purnabakti dan ongkos naik haji (ONH) 2010. Dalam laporannya, Ketua KPRI Ragom Gawi Adi Erlansyah mengatakan, penerima beasiswa anak berprestasi sebanyak 82 orang. Terdiri siswa SD sebanyak 14 orang, SMP 40 orang, dan SMA 28 orang.

Beasiswa yang diberikan berkisar Rp175 ribu hingga Rp300 ribu. Sementara, penerima bantuan pendidikan kelulusan SD/SMP/SMA untuk anak anggota yang kurang mampu sebanyak dua orang. Kemudian, penerima ONH tahun 2010 sesuai hasil undian simpanan haji pada RAT ke-30 tahun buku 2008 sebanyak 11 orang. Biaya yang ditanggung KPRI Ragom Gawi untuk ONH tersebut sebesar Rp383.250.000. ’’Namun dari sebelas orang tersebut, karena alasan tertentu, hanya sembilan orang yang berangkat menunaikan ibadah haji,” katanya. Ditambahkan, mulai Juli 2009 hing-

ga saat ini, anggota KPRI Ragom Gawi yang telah mengundurkan diri dari keanggotaan karena pensiun sebanyak 91 orang. Masing-masing menerima bingkisan berupa satu set kain dan uang tunai sesuai masa keanggotaan. ’’Kami juga sampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas partisipasi dan kerja samanya selama menjadi anggota,” katanya. Sementara, Wali Kota Bandarlampung Eddy Sutrisno memberikan apresiasi tinggi atas acara yang dilakukan tersebut. ’’Ini merupakan bukti bahwa KPRI Ragom Gawi memiliki kepedulian sosial yang tinggi terhadap anggotanya dan masyarakat,” katanya. (eka/ais)

diagnosis, pengobatan, dan pencegahan yang tepat. Pengobatan disesuaikan dengan jenis kelainannya. Bisa berupa obat topikal (misalnya krem whitening), peeling (pengelupasan kulit), mikrodermabrasi, obat sistemik (vita-

min C dan glutation), mesoteraphy, bedah, dan terapi menggunakan laser atau kombinasi terapi. ’’Yang terpenting, jangn lupa memakai tabir surya secara teratur untuk pencegahan” ungkapnya. (yna/ais)

’’Untuk menindaklanjuti program ini, maka di setiap daerah akan dibantu oleh para mahasiswa yang mengadakan KKN (kuliah kerja nyata). Ini dilakukan dengan membangun Pos Daya di setiap daerah. Dengan begitu, masyarakat bisa belajar dan mengaplikasikan keahlian dari mutiara bangsa,” urai Haryono. Sementara, Creative Director Kraftig Advertising Paul Bernadi mengatakan, gerakan ini bertujuan mengembalikan citra bangsa Indonesia yang penuh dengan semangat kekeluargaan, kebaikan, ketenteraman, dan keharmonisan untuk semua makhluk hidup. ’’Dulu, negara kita terkenal dengan semangat gotong royong, kekeluargaan, ketenteraman, dan kebaikan. Tapi, sekarang negara kita dicap sebagai negara sarang teroris. Korupsi juga merajalela. Karena itu, sudah waktunya kita mulai untuk mengembalikan citra Indonesia yang terpuruk dengan menyebarkan virus kebaikan,” ujarnya. Diketahui, gerakan mencari mutiara bangsa ini digelar kali pertama pada

2009 di lima kota. Yakni Surabaya, Surakarta, Jogjakarta, Bandung, dan Jakarta. Dalam pencarian tersebut, terpilih 15 mutiara bangsa yang kemudian dikenalkan dalam grand launching mutiara bangsa pada 10 November 2009 di Jakarta.Untuk 2010, program ini mencari mutiara bangsa di lima zona. Yakni Jawa yang terdiri atas Surabaya, Malang, Jember, dan Madiun. Kemudian zona Sumatera (Palembang, Bengkulu, Lampung, Jambi, dan Riau); zona Kalimantan (Balikpapan, Samarinda, Sagatta, Bontang, Tenggarong); dan zona Sulawesi (Makassar, Parepare, Goa, Sungguminasa, dan Barru). Terakhir adalah zona Ambon dan Papua yang terdiri atas Ambon, Masohi, Saparua, dan Jayapura. Program ini berlangsung sejak April–September 2010. Sementara pelaksanaan pencarian mutiara bangsa dimulai pada 6 Mei 2010 dan bekerj sama dengan media lokal. Kandidat mutiara bangsa ini harus direkomendasikan oleh orang lain. (jar/ais)

Kenali... ’’Pipi, bibir atas, dagu, dan dahi adalah lokasi yang paling umum” ujarnya. Tapi, kadang-kadang dapat terjadi di berbagai lokasi yang terkena sinar matahari. Untuk mengatasi masalah tersebut bisa dilakukan dengan pemeriksaan,

Sambungan dari Hal. 36

Siapa... hidup dan bisa menyebarkan virus kebaikan tanpa adanya pamrih,” katanya. Pada kegiatan yang mengambil tema Sehari Berbagi Kebaikan di Sumatera ini, Haryono mengatakan, ajang mencari mutiara bangsa ini sangat berbeda jika dibandingkan penghargaanpenghargaan lainnya. Sebab, seorang mutiara bangsa tidak hanya berbekal keahlian yang ditularkan kepada publik. Akan tetapi, harus terpancar aura kebaikan pada sang mutiara. ’’Kami tidak memberikan reward seperti ajang-ajang penghargaan yang sering kita dengar. Tapi, di sini kita berusaha untuk dapat berbuat sesuatu yang berguna bagi semua,” paparnya. Lebih jauh Haryono mengatakan, setelah mutiara bangsa dari berbagai daerah ditemukan, hal itu akan ditindaklanjuti dengan program pos daya. Yaitu pos pemberdayaan keluarga bagi masyarakat. Sehingga program ini tidak terhenti begitu saja setelah mutiara bangsa terpilih.

Sambungan dari Hal. 36

Perangkat Daerah TIDAK SIGAP BANDARLAMPUNG – Bukan hanya wali kota Bandarlampung yang bertanggung jawab atas kondisi yang ada di kota ini. Namun, perangkat pemerintahan juga harus sigap atas apa yang terjadi. Seperti masalah lahirnya Perda No. 2/2007 tentang Retribusi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang tidak diikuti perwali. Sehingga untuk menentukan GSB masih mengacu perwali lama, No. 3/ 2006 tentang Penetapan Daerah Pengawasan Jalan (Dawasja) pada jalan-jalan di dalam wilayah Kota Bandarlampung. Menurut Wakil Ketua Komisi C DPRD Bandarlampung R.M. Ayub Sulaiman, dengan keluarnya perda pada tahun 2007, maka perwali 2006 tersebut gugur. ’’Perwali harus direvisi menyesuaikan perda yang disahkan. Jangan bertabrakan. Biaya untuk membuat perda itu mahal. Lebih dari seratus juta rupiah. Juga membutuhkan tenaga dan pikiran serta waktu yang cukup lama,” ujarnya. Diketahui, salah satu masalah GSB ini adalah bangunan Central Plaza, pusat perbelanjaan di Jalan Kartini, Tanjungkarang Pusat, yang diduga melakukan pelanggaran. Yakni melanggar Perda Bandarlampung Nomor 2 Tahun 2007 tentang Retribusi Izin Mendirikan Bangunan. Berdasar perhitungan pada perda tersebut, bangunan baru boleh didirikan dengan jarak 21 meter dari center line. Namun beberapa waktu lalu, Kepala Dinas Tata Kota (Distako) Bandarlampung Choiria Pandarita menyatakan bahwa pemberian izin pembangunan pusat perbelanjaan tersebut mengacu Perwali No. 3/2006. Choiria mengatakan, dalam perwali tersebut, tertulis untuk Jalan Kartini telah ditetapkan garis sempadan bangunan (GSB) 17,5 meter. Ayub mengatakan, dengan kondisi yang ada saat ini membukti-

Bukti... Hal ini dilakukan dengan cara mengisi wadah yang dibawa konsumen atau disediakan depot. Berdasarkan pantauan Radar Lampung, tidak semua depot mengikuti ketentuan yang ada. Rata-rata depot tersebut memang memiliki izin seperti SIUP (surat izin usaha perdagangan). Namun, tidak seluruh depot melakukan pengujian mutu air baku secara berkala. Depot juga masih menyediakan jasa antar untuk pemesanan air isi ulang. Widarto mengungkapkan, harus ada dasar jika mau mengambil tindakan terhadap depot yang melakukan pelanggaran. Dengan kondisi yang terjadi sekarang ini menunjukkan masing-masing lembaga tidak memiliki pola koordinasi yang jelas. Bah-

kan bahwa perangkat daerah tidak memikirkan revisi perwali. Sebab pada intinya, isi perwali tidak boleh bertentangan perda yang ada. Jika isi perwali bertentangan, maka dapat batal hukum. Ayub mengungkapkan, seharusnya pemkot mengevaluasi Perwali No. 3/2006 yang menjadi acuan Dinas Tata Kota untuk menetapkan GSB. Lebih jauh Ayub menjelaskan, dalam pasal 25 ayat 2 Perda No. 2/2007 disebutkan bahwa untuk jalan arteri/protokol, letak GSB adalah sama dengan lebar jalan, ditambah sembilan meter dihitung dari as jalan. Kemudian pada ayat 7 dinyatakan GSB yang telah ditetapkan dalam rencana kota tidak boleh dilanggar dalam mendirikan dan atau memperbarui seluruhnya dan atau sebagian dari bangunan gedung. Ayub menjelaskan, berdasarkan perhitungan dalam perda tersebut, untuk Jl. Kartini, GSB-nya adalah 21 meter. ’’Jadi bukan 17,5 meter seperti yang dinyatakan Distako,” katanya. Lalu dalam pasal 231 dinyatakan, dengan berlakunya perda tersebut, maka Perda Kotamadya Daerah Tk. II Bandarlampung No. 07/ 1997 tentang Bangunan dalam Wilayah Kotamadya Daerah Tk. II Bandarlampung tidak berlaku lagi. Kemudian pada pasal 232 dinyatakan bahwa perda tersebut berlaku sejak tanggal diundangkan. Untuk diketahui, perda tersebut ditetapkan tanggal 17 Januari 2007 dan diundangkan di Bandarlampung tanggal 18 Januari 2007. Untuk pelanggaran atas perda ini, Ayub yang juga anggota panitia khusus saat membahas perda tersebut menyatakan diatur dalam pasal 226. Pada ayat 1 pasal itu disebutkan bahwa pelanggaran perda dapat diancam pidana kurungan selama-lamanya tiga bulan atau denda sebesar-besarnya Rp50 juta. (eka/ais)

Sambungan dari Hal. 36 kan terkesan saling melemparkan tanggung jawab. Ia mencontohkan, untuk penerbitan izin mendirikan bangunan (IMB), pola koordinasinya jelas. Yakni antara Dinas Tata Kota (Distako) serta Badan Penanaman Modal dan Perizinan (BPMP). ’’Seharusnya hal ini juga terjadi untuk masalah depot air minum,” tukasnya. Anggota Fraksi PKS ini mengatakan, perda juga merupakan bukti bahwa warga mendapatkan haknya. Yakni hak perlindungan dari pemerintah. ’’Berarti kan perlindungannya lemah. Padahal, mereka sudah mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli air tersebut. Namun, tidak ada jaminan keamanan air minum yang mereka konsumsi,” paparnya. Widarto menambahkan, dalam

kondisi seperti ini, maka pemerintah sangat berperan dalam melakukan pengaturan. Namun, jika tindakan atas kondisi yang ada dilakukan setelah perda disahkan, membutuhkan waktu yang lama. ’’Belum tentu satu tahun perda tersebut selesai dibahas,” sambungnya. Namun, boleh-boleh saja perda tersebut dibuat. Sayangnya, Widarto mengaku komisinya tidak dapat proaktif untuk menyikapi kondisi di lapangan. Untuk memanggil rapat satuan kerja dan yang bertanggung jawab terkait masalah ini harus ada dasar yang jelas. Misalnya, keluhan warga. Karena itu, komisi D hanya dapat menunggu. ’’Kami tidak bisa jemput bola,” ujarnya. Sebelumnya, berdasarkan data di

Dinas Kesehatan (Diskes) Bandarlampung, hanya 47 depot air minum yang memiliki sertifikat laik hygiene. Kadiskes Bandarlampung dr. Reihana mengatakan, 47 depot itu telah melakukan pengujian bakteriologi, kimia, dan terdaftar di Diskes. Untuk mendapatkan sertifikat tesebut, pemohon harus melakukan pengujian di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Lampung. ’’Kemudian Labkesda mengeluarkan rekomendasi bahwa air minum tersebut memang layak konsumsi,” kata Reihana. Penerbitan sertifikat itu mengacu UU RI No. 23/1992 tentang Kesehatan dan Keputusan Menteri Kesehatan RI No.907/MENKES/SK/ VII/2002 tentang Syarat-Syarat dan Pengawasan Kualitas Air Minum.

Reihana mengungkapkan, sertifikat laik hygiene tersebut berlaku selama satu tahun dan setiap enam bulan sekali harus dilakukan pemeriksaan. ’’Jadi, air diuji sebelum masuk alat penyulingan,” paparnya. Selain depot air minum isi ulang, sertifikat ini juga harus dimiliki oleh rumah makan, usaha katering, hotel, bakery, dan sebagainya yang berkaitan makanan. Sertifikat ini juga menjadi pertanda apakah air tersebut aman atau tidak untuk dikonsumsi. Dimungkinkan, imbuhnya, banyak depot yang sudah beroperasi namun tidak melakukan pemeriksaan laboratorium. Namun, untuk pemberian sanksi, kata dia, bukan wewenang Diskes. Sebab, sertifikat ini hanya salah satu syarat buat pengusaha depot mengurus usahanya. (eka/ais)


SELASA, 29 JUNI 2010

36

Tiup Lilin, Ibu Anisa Menangis Sampai 28 Juni 2010 NAMA DONATUR

JUMLAH

KETERANGAN

Sekolah TK

Rp2.131.300

AKLI Lampung TB Gramedia Puskesmas Lempasing Mpek Raden Dyah Maryati, S.E. Masjid Al-Furqon Hamba Allah dan Lain-Lain Transfer dari Pringsewu (Mahyudin) Galang Dana di Tugu Adipura

Rp3.550.000 Rp1.923.750 Rp1.135.000 Rp49.100 Rp100.000 Rp225.000 Rp1.983.900 Rp4.930.000

Araudah, Aisyiyah, Pertiwi, Palm Kids, Pembina Lampung Tengah, Al Bustan, Pembina Trimulyo Lampung Timur, EF Masih Berlanjut Masih Berlanjut Masih Berlanjut Masih Berlanjut Masih Berlanjut Masih Berlanjut Masih Berlanjut

Rp4.805.600

Masih Berlanjut

Fitness Victory, Rumah Makan Rahayu, Mie Lorong Uduk Toha dan Pengajian Hariri CAT PKK Waykandis Hypermart Department Store Bengkel Aryo Koordinator Ibu Mina (PLN) Toko Buku Fajar Agung IKA Batam RM Gazebo (Sukaraja) Stan Radar Lampung Hamba Allah

Rp1.303.400

Masih Berlanjut

Rp859.000 Rp500.000 Rp149.000 Rp403.200 Rp47.000 Rp1.078.400 Rp293.300 Rp1.200.000 Rp100.200 Rp237.000 Rp2.817.400 Rp50.2000 Rp385.400 Rp923.500 Rp623.900 Rp185.000 Rp610.000 Rp105.500 Rp32.000 Rp67.200 Rp867.200 Rp20.000 Rp500.000 Rp200.000

Masih Berlanjut Via Radar Lampung Masih Berlanjut Masih Berlanjut Masih Berlanjut Masih Berlanjut Masih Berlanjut Via Rekening dan Radar Lampung Masih Berlanjut Masih Berlanjut Masih Berlanjut Masih Berlanjut Masih Berlanjut Masih Berlanjut Masih Berlanjut Masih Berlanjut Masih Berlanjut -

Rp750.000 Rp64.000

Masih Berlanjut

Rp1.857.000 Rp3.686.000

Masih Berlanjut Masih Berlanjut

Rp2.250.000 Rp4.828.600 Rp2.500.000 Rp100.000

Masih Berlanjut Masih Berlanjut -

SD PalmKids SMAN 9 SMA Xaverius SDN 1 Tanjungsenang Pondok Kenanga Empek 88 SMA 10 SMA 4 Hamba Allah RM Uda Sayang Hamba Allah Rosmiar Bengkulu Novian Dhomiril Hakim dan Sugiyanto Photo Copy Tip-Yani DPPKA Pemkot (Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Aset) AKLI DPP Paguyuban Multajam Azizah Masyarakat pengguna jalan PTPN VII Novi Jakarta Total

BANDARLAMPUNG – Yuliana seketika menangis usai meniup liin kue ulang tahun anaknya, Anisa Maulidia Rahma. Wanita berusia 29 tahun itu berusaha menahan emosinya. Sementara Anisa, bocah penderita caroli’s disease (kelainan pada saluran empedu), itu terlihat memandang kue ulang tahun untuknya. Anisa yang dipangku oleh ibunya hanya terdiam. Beberapa saat kemudian, Yuliana meraih tangan Anisa dan membimbingnya memotong kue. Potongan pertama diberikan kepada Anisa yang kemarin genap berusia satu tahun. Perayaan ulang tahun itu berlangsung sederhana di kantor AKLI, Jl. Diponegoro, Telukbetung Utara. Kegiatan itu digelar oleh Panitia Bantuan Dana Anisa (Panda), salah satu lembaga yang selama

ini membantu menggalang dana untuk Anisa. Selain Anisa, acara itu juga dihadiri enam balita yang sehat. Kentara sekali perbedaan Anisa dengan enam balita lain. Anisa lebih banyak diam dan duduk di pangkuan sang ibu. Sementara enam balita terlihat lincah. Ketika itu, Yuliana yang didampingi suaminya, Yulianto, terlihat sedih dan hanya bisa memandang Anisa. Ketua Panda Nurbadiah mengatakan, pihaknya berharap semua kalangan bisa membantu Anisa. Sebab, dana yang dibutuhkan untuk pengobatan Anisa sangat besar. ’’Acara ini kami lakukan dengan harapan bisa membuat Anisa senang. Selain itu, semoga masyarakat bisa lebih peduli dengan kondisinya,” harap

Nunung. Selain Anisa dan orang tuanya, kegiatan itu juga dihadiri Sekretaris IKI PTPN VII Ny. Bambang Purwanto. Dalam kesempatan itu, Ny. Bambang Purwanto menyampaikan bantuan dari Ny. Yeni Andi Purnoko, istri Dirut PTPN VII yang juga ketua IKI PTPN VII. Baca TIUP Hal. 35

HARU: Tidak hanya sederhana, perayaan ulang tahun ke-1 Anisa kemarin juga berlangsung mengharukan. FOTO YONA YUMARIKO

Bukti Lemahnya Pengawasan

Ketua Umum Yayasan Dewan Nasional untuk Kesejahteraan Manusia Prof. Dr. Haryono Suyono mengatakan, semua orang bisa menjadi mutiara bangsa. ’’Yang terpenting, sosok tersebut adalah manusia yang masih

BANDARLAMPUNG – Ditemukannya depot air minum yang tidak mematuhi ketentuan namun bebas menjalankan usaha menunjukkan kurangnya pengawasan. Bahkan tidak ada satu pihak yang mengaku bertanggung jawab atas kondisi yang ada. Wakil Ketua Komisi D DPRD Bandarlampung Widarto mengatakan, hal ini menunjukkan akibat dari tidak adanya peraturan daerah (perda) yang mengatur ketentuan tentang depot air minum dengan jelas. ’’Salah satu dasar kuat yang dapat digunakan sebagai pedoman teknis adalah perda,” kata Widarto. Diketahui, berdasar Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan RI Nomor:651/MPP/ Kep/10/2004 tentang Persyaratan Teknis Depot Air Minum dan Perdagangannya, sejumlah aturan harus dipatuhi pemilik usaha. Seperti yang terdapat dalam pasal 3 keputusan tersebut. Di mana, depot air minum harus melakukan pengawasan secara periodik terhadap mutu air baku yang ditunjukkan dengan hasil uji laboratorium dari pemasok. Pengujian mutu air baku minimal dilakukan tiga bulan sekali untuk analisis coliform. Kemudian dua kali dalam setahun untuk analisis kimia dan fisika secara lengkap. Pengujian juga harus dilakukan di laboratorium pemeriksaan kualitas air yang ditunjuk oleh pemerintah kabupaten/kota yang terakreditasi. Pada pasal 7 disebutkan bahwa depot air minum hanya diperbolehkan menjual produknya secara langsung kepada konsumen di lokasi depot.

Baca SIAPA Hal. 35

Baca BUKTI Hal. 35

Rp48.659.800

Rek. BCA KCU Bandarlampung 0200847211 A.N. Nurbadiah

KESEHATAN

Kenali Melasma PERHATIKAN bagian wajah Anda, apakah memiliki bercak cokelat yang terlihat jelas? Jika ada, tanda tersebut merupakan bercak pigmen. Dalam istilah medis dikenal dengan nama melasma. Menurut dr. Zenobia Devi, melasma merupakan bercak pigmen di kulit dan dapat timbul pada siapa saja. Gangguan pigmentasi kulit ini disebut juga hiperpigmentasi, yakni masalah kulit akibat peningkatan pigmen kulit. Ini ditandai dengan bercak cokelat atau hitam. Hiperpigmentasi dapat disebabkan oleh Zenobia Devi banyak hal. Antara lain, paparan sinar matahari yang berlebihan, hormon (kontrasepsi), kelainan genetik, gangguan metabolik, gangguan nutrisi, infeksi, alergi, dan stres. Zenobia mengungkapkan, hiperpigmentasi yang sering ditemukan adalah melasma. Orang awam menyebutnya dengan kata flek wajah. Paling sering dijumpai pada wanita usia subur. Bentuknya berupa bercak tidak teratur pada wajah. Baca KENALI Hal. 35

FOTO ALAM ISLAM

SIAPA YANG LAYAK?: Ketua Umum Yayasan Dewan Nasional untuk Kesejahteraan Manusia Prof. Dr. Haryono Suyono dalam konferensi pers mencari mutiara bangsa di Restoran Rumah Kayu kemarin.

Siapa yang Layak Jadi Mutiara? BANDARLAMPUNG – Dicari, mutiara bangsa asal Lampung! Yakni sosok yang memberikan inspirasi dan dorongan bagi orang lain dalam berjuang meningkatkan kualitas hidup. Pencarian sosok yang menjadi contoh itu akan dilakukan dalam program Mutiara Bangsa. Ia dipi-

lih tanpa melihat status sosial, profesi, latar belakang pendidikan, suku, ras, etnis, dan agama. Program yang dimulai sejak 2009 ini merupakan sebuah program pencarian sosok individu maupun institusi yang tanpa lelah berjuang untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di ma-

na pun ia berada. Tidak hanya itu. Program ini juga menjembatani masyarakat untuk bisa berkarya dengan pelatihan keterampilan dari para mutiara bangsa. Dalam konferensi pers yang digagas oleh Kraftig Advertising di Restoran Rumah Kayu kemarin,


RADAR LAMPUNG | Selasa, 29 Juni 2010