Issuu on Google+

Penyair Pemerkosa itu Belum Diperiksa Polisi

edisi 15/th. I | Februari 2014

MIMPI JADI PRESIDEN

GITA KABUR Dikejar Beras? ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

1


Cover edisi 15 | th. I | Februari 2014

DAFTAR ISI

Pertemuan delegasi Indonesia dan Jepang di Tokyo membahas rencana strategis Program Prioritas Area Metropolitan wilayah Jabodetabek (MPA) khususnya perkembangan lima proyek mendesak dari 20 proyek utama yang telah diidentifikasi pada pertemuan sebelumnya.

NASIONAL

hal. 8

Indonesia-Jepang Bahas Program Area Metropolitan

Foto: istimewa | ilustrasi cover: elly

hal. 6

hal. 4

MEGAPOLITAN

Mimpi Jadi Presiden, Gita Kabur dikejar Beras?

Anak Pengusaha Batu Bara Barito Utara Kembali Dijeboskan Penjara

HUKUM Corby Ratu Mariyuana Bebas Bersyarat Terpidana penyelundupan 4,2 kilogram mariyuana asal Australia, Schapelle Leigh Corby, menjadi satu dari 1.700 narapidana yang akan mendapatkan Pembebasan Bersyarat dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Maryadi alias Yadi bin Mulyar Samsi Direktur Utama CV Sinar Barito Global (SBG) kembali dipenjarakan di sel Polda Kalimantan Tengah tepatnya di Kota Palangkaraya.

SOROT

Karut Marut Impor Beras Viet Nam Permainan dan Kecurangan Importir

hal. 24

Bangsa Indonesia mayoritas mengkonsumsi beras. Hanya sedikit mereka yamg mengkonsumsi ubi-ubian, jagung, atau bahkan gandum sebagai bahan pokok makanan, tidak heran bila beras menjadi masalah utama sektor pertanian di Indonesia.

SOSOK

María Gabriela Isler: Miss Universe Ternyata Suka Cendol dan Bakpia Miss Universe 2013 María Gabriela Isler menyebut cendol dan bakpia sebagai makanan Indonesia kesukaannya.

hal. 36

DIALOG

Imelda Adhisaputra: Tak Ada Ambisi Politik Ia adalah perempuan yang penuh pesona, ia bertugas dalam sebuah bisnis besar yaitu di Saratoga Capital dimana ia bertugas dengan soal pelaporan langsung ke Mitra Pendiri.

hal. 38

Sekitar 700 dokter, perawat, dan ahli kesehatan lainnya di Inggris telah meminta pemerintah untuk memberlakukan larangan merokok di mobil yang membawa anak-anak.

2

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

SENI Komitmen 3 Sahabat Menjomblo Dalam film komedi ‘‘That Awkward Moment,’’ Zac Efron, Miles Teller dan Michael B. Jordan berperan sebagai tiga sahabat Jason, Daniel and Mikey. Ketiganya berjanji akan terus membujang setelah Mikey putus dengan pacarnya.

hal. 48

Ahli Kesehatan Serukan Tidak Merokok dalam Mobil

hal. 44

hal. 42

KESEHATAN

Dunia Clinton Selingkuh di Kamar Sebelah Elizabeth Hurley London. Mantan Presiden AS, Bill Clinton kembali jadi pemberitaan panas dunia, khususnya di Amerika dan Inggris. Media di dua negara Barat itu beberapa hari ini ramai memberitakan tentang perselingkuhan Clinton dan aktris Inggris Elizabeth Hurley.


BUBUKA

D

Cinta Indonesia

ari apa yang terjadi ribuan kasus korupsi, narkoba, pengrusakan hutan, dan lain sebagainya yang menyangkut kehidupan dan uang sangat besar, kami menarik kesimpulan jika ingin jadi penjahat, jadilah penjahat besar. Jangan tanggung-tanggung karena dengan menjadi penjahat besar akan mudah berkelit dari hukuman dan jikapun dihukum akan mendapatkan hukuman yang sangat ringan dengan cara membagibagikan uang hasil kejahatan. Bandingkan dengan penjahat kelas teri yang hukumannya bisa lebih berat karena tidak punya koneksi dan tidak punya uang. Tulisan ini tidak menganjurkan untuk menjadi penjahat kelas kakap tapi sebagai ungkapan prihatin rakyat kecil terhadap yang terjadi saat ini. Tidak ada upaya yang sungguh-sungguh dari orang yang mempunyai kemampuan untuk menindak penjahat kelas kakap yang telah merugikan masyarakat, bangsa, dan negara. Pengamatan kami selama ini hampir semuanya bermain cari untung dan cari selamat sendiri masa bodoh terhadap musibah dan kerugian yang menimpa negeri ini. Mau duit rakyat dikorupsi, mau rakyat menderita akibat narkoba, mau rakyat dirampok dan ditipu pengusaha kakap, mau rusak alam lingkungan, mau kekayaan alamnya dicuri dan lain sebagainya masa bodoh yang penting yang punya kemampuan ataupun yang punya wewenang menindak ini dapat untung, selamat dan hidup sejahtera. Kepedulian kami terhadap tanah tumpah darah yang saya cintai ini hanya bisa saya ungkapkan melalui tulisan ini dan kami Cinta Indonesia sampai titik darah penghabisan bukan sampai harta penghabisan. MERDEKA redaksi

PENERBIT PT ASATU Perdana Bangsa I PIMPINAN REDAKSI Aendra Medita | REDAKTUR PELAKSANA Purwadi Djunaedi | REDAKTUR Benny Koesbandoro, Muhammad Jusuf, Maryoto | TIM REDAKSI Mohammad Hidayat, Ajoy, Tatang Yusup, Rahmat Edy, Danang, Bahaudin, Rhenoz, Galuh K Wibie | FOTOGRAFER Lusdiana CM | RANCANG GRAFIS Elly | DOKUMENTASI & RISET Susi Andrini, Budiman, Jenny Mariam| SEKRETARI REDAKSI Septy Hedy Muliastuti | IT, WEB & DATA Dadi Gunadi, Aan Sulistiyo, Lili Pertiwi I Komisaris Edi Syahputra | PEMIMPIN UMUM Raden Nuh | Direktur Utama Koes Hardjono | Direktur Ahmad Irwandi Lubis | KEUANGAN & HRD Santika Boerhan | Staff HRD (General) Muhammad Yasin | PENASEHAT HUKUM Irwandi Lubis SH, Edi Syahputra SH | PENDUKUNG TEKNIS Sahri, Fahmi Andriansyah | Alamat Sekretariat/Redaksi/Pemasaran/Iklan Menara MTH Lt. 11, Jl. MT Haryono Kav 23 Jakarta Selatan 12820 | Telp: 021 - 837 84 329 | Fax: 021 - 837 84 383 | Email: redaksi@asatunews.com | iklan@asatunews.com | http://www.asatunews.com/

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

3


Megapolitan

Indonesia-Jepang Bahas Program Area Metropolitan Pertemuan delegasi Indonesia dan Jepang di Tokyo membahas rencana strategis Program Prioritas Area Metropolitan wilayah Jabodetabek (MPA) khususnya perkembangan lima proyek mendesak dari 20 proyek utama yang telah diidentifikasi pada pertemuan sebelumnya, serta konsultasi tingkat tinggi untuk promosi investasi.

Foto: istimewa

4

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

“J

epang adalah mitra utama Indonesia dalam perdagangan, investasi dan pembangunan. Di bidang perdagangan, Jepang merupakan mitra terbesar ke-2 dengan nilai perdagangan pada tahun 2012 sebesar 52,9 miliar dolar AS. Sedangkan di bidang investasi, pada tahun 2012 Jepang merupakan investor terbesar ke-2 dengan nilai realisasi investasi sebesar 2,45 miliar dolar AS,� kata Menko Perekonomian Hatta Rajasa dalam siaran pers yang diterima ANTARA di Jakarta, Kamis. Pada pertemuan di Tokyo, Rabu (11/12), delegasi Indonesia dipimpin Menko Perekonomian Hatta Rajasa sementara Ketua Perwakilan Jepang Menteri Luar Negeri Fumio Kishida.


Foto: istimewa

Megapolitan

Investasi dari Jepang di Indonesia diharapkan akan semakin meningkat, dan Indonesia siap menjadi hub untuk investasi dan perdagangan dengan Jepang di kawasan ASEAN.

Pemerintah Indonesia dan Jepang sepakat untuk mendorong kerjasama percepatan implementasi rencana strategis serta promosi di bidang investasi dalam pertemuan Keempat Komite Bersama Pengawasan Metropolitan Sebagai Daerah Prioritas untuk Investasi dan Industri di Wilayah Jabodetabek (MPA) itu. Pokok pembahasan dalam program MPA meliputi “groundbreaking” pembangunan proyek Jakarta Mass Rapid Transit (MRT) jalur Utara-Selatan serta penyelesaian implementasi proyek utama, termasuk rekonstruksi stasiun pompa timur di Pluit dan Komunitas Pintas serta MRT Jalur Timur-Barat dan Jawa-Sumatra Interconnection Transmission Line dipercepat pada tahun 2020. Pembahasan kedua adalah kesiapan pihak Jepang untuk memfasilitasi pinjaman resmi pemerintah (ODA) untuk proyek MRT Jalur UtaraSelatan, MRT jalur Timur-Barat dan Jawa-Sumatra Interconnection Transmission Line serta pinjaman untuk sektor pertanian, drainase dan energi. Pokok bahasan ketiga percepatan formulasi proyek pembangunan pelabuhan Internasional baru Cilamaya dan pembangunan konstruksi akses jalan, melalui kolaborasi dengan pihak swasta dan pemerintah

kedua negara. Pokok bahasan keempat kesepakatan mengenai pembuatan fasilitas pendukung MPA dan pembentukan dialog akselerasi program kemitraan pemerintah dengan swasta (Public Private Partnership/ PPP). Selain itu kesepakatan melakukan studi kelayakan wilayah Jakarta-Bandung sebagai bagian dari proyek Kereta Api Ekspres Jakarta-Surabaya. Dalam hal promosi investasi kedua belah pihak sepakat untuk meningkatkan kerjasama investasi dengan meninjau kembali regulasi untuk mempromosikan investasi langsung dari Jepang ke Indonesia, termasuk dalam hal kemudahan lisensi impor, prosedur bea masuk pelabuhan, isu visa tenaga kerja serta prediktabilitas hukum dan regulasi. Bertepatan dengan peringatan 55 tahun hubungan diplomasi Indonesia-Jepang, dalam pertemuan tersebut Menko Perekonomian mengatakan bahwa program MPA tersebut merupakan bagian dari upaya pencapaian tujuan dan sasaran MP3EI untuk mewujudkan konektivitas dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Menurut Menko Perekonomian Hatta Rajasa, pembangunan konektivitas infrastruktur yang memadai diharapkan dapat menfasilitasi pergerakan barang, jasa dan tenaga kerja serta meningkatkan daya tarik investasi baik dari Jepang maupun Negara-negara ASEAN. “Investasi dari Jepang di Indonesia diharapkan akan semakin meningkat, dan Indonesia siap menjadi hub untuk investasi dan perdagangan dengan Jepang di kawasan ASEAN,” kata Menko Perekonomian. Hasil dari Pertemuan Keempat Steering Committee on Metropolitan Priority Area tersebut akan dilaporkan kepada kedua pemimpin negara yang akan melakukan pertemuan bilateral pada tanggal 13 Desember 2013, bertepatan dengan KTT Perayaan ke-40 kerja sama ASEAN- Jepang. Perwakilan Indonesia turut hadir dalam pertemuan tersebut adalah Menteri Perindustrian MS Hidayat dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Armida Salsiah Alisjahbana. ASN

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

5


NASIONAL

Anak Pengusaha Batu Bara Barito Utara Kembali Dijeboskan Penjara

Foto: istimewa

H Mulyar Samsi

Maryadi alias Yadi bin Mulyar Samsi Direktur Utama CV Sinar Barito Global (SBG) kembali dipenjarakan di sel Polda Kalimantan Tengah tepatnya di Kota Palangkaraya.

6

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

S

ebenarnya perkara yang melibatkan Yadi bin H Mulyar sudah lama mengendap di Polda Kalteng, karena yang bersangkutan tahun lalu pernah mengendap di Penjara Polda Kalteng di Palangkaraya beberapa bulan lalu, namun menjelang Pilkada Kabupaten Barito Utara Mei tahun lalu Yadi dibebaskan. Komisaris CV Sinar Barito Utara yang merupakan Ayah Kandung Yadi, H Mulyar Samsi dalam Pilkada Kabupaten Barito Utara yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Partai Bulan Bintang maju menjadi Calon Bupati 2013-2018 berpasangan dengan Yusia S Tingan Ketua DPD PDIP Kabupaten Barito Utara sebagai calon Wakil Bupati.


NASIONAL

Namun Pilkada itu dimenangkan pasangan Nadalsyah-Ompie Herbi menangkan pemilihan kepala daerah periode 2013-2018 yang digelar pada 5 Juni 2013. Pasangan NadalsyahOmpie Herby memperoleh suara 27.232 suara (38,5 persen), disusul H Mulyar Samsi-Yusia S Tingan memperoleh suara 18.983 (26,9 persen), pasangan Hj Relawati Yuliansyah-H Purman Jaya memperoleh suara 9.032 (12,8 persen). Pasangan Shalahudin-Hj Nurul Ainy memperoleh suara 7.525 (10,7 persen), pasangan H Sapto Nugroho-Jamaludin memperoleh suara 4.839 (6,8 persen). Sedangkan calon Foto: istimewa independen, pasangan H Maryadi alias Yadi bin Mulyar Samsi Mahmud dan Lucius hanya memperoleh suara 1.115 (1,6 persen) sedangkan pasangan calon dari jalur independen Polda Kalimantan Tengah tepatnya di Kota Palangkaraya. djamhudji dan Junio Suharto memproleh suara 1.930 (2,7 Komisaris CV Sinar Barito Utara yang merupakan persen). dimana H Mulyar Samsi kini maju sebagai Caleg dari Sebuah sumber yang dipercaya menyebutkan PDIP setelah kalah dari Pilkada Kabupaten Barito Utara bahwa masuknya Yadi dipenjara lagi karena perselisihan yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dengan Bupati terpilih. Dimana Bupati Nadalsyah atau dan Partai Bulan Bintang. Koyem menyatakan kalau saja Mulyar sudah ngaku kalah Karena Nadalsyah diatas atas angin bisa jadi ini jangan gugat-gugat maka Pak bupati Koyem akan iklas, perselisihan antara Mulyar dan Bupati baru, sementara namun katanya karena Pak Bupti tersinggung, maka Pak dengan Bupati Lama Yuliansyah, H Mulyar nampaknya Koyem menjegalnya. sudah cair dan damai. “Termasuk menyuruh Kepala Dinas Pertambangan Kini Nadlasyah-Ompie Herbi memimpin Barito dan Energi Barito Utara, Suriawan Prihandi, agar Tambang Utara dan tiba-tiba, polda Kalteng menangkap Bartu Baranya tidak diberikan izin kelaur dari Luwe Barito tersangka dugaan kepemilikan enam tongkang Utara,”ujar sumber itu pada ASATUNEWS.COM. bermuatan batubara secara ilegal itu. Padahal seperti diketahui saat ini jumlah investor Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari tambang batu bara yang sudah memasuki tahap Muara Teweh Sampe SH menerangkan, tersangka eksplorasi dan eksploitasi di daerah ini masing-masing sudah menjalani tahap dua. “Kejari Muara Teweh puluhan perusahaan. menerima pelimpahan tahap dua, yang dilaksanakan di Penjualan tambang batu bara yang dieksploitasi Kejati Kalteng, atas perkara tersangka H Maryadi yang sejumlah perusahaan pertambangan di Kabupaten ditangani Polda Kalteng,” terangnya. pedalaman Sungai Barito itu pada tahun 2013 mencapai Selanjutnya, ucap Sampe, pimpinan CV Sinar 5.053.298,98 metrik ton meningkat dibanding tahun lalu Barito Global (SBG) itu dibawa ke Muara Teweh, dan sekitar 3.919.385,99 ton “Lebih dari lima juta ton batu ditahan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB bara ini merupakan produksi sekitar sepuluh investor Muara Teweh. Untuk berkas, imbuhnya, akan dibuat pemegang izin IUP, ini data dinas pertambangan Barito dakwaan, selanjutnya dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Utara yang disampaikan oleh Prihandi,” katanya. Muara Teweh. Prihandi juga menyebutkan produksi batu Sebelumnya, Yadi ditetapkan sebagai tersangka. bara di kabupaten pedalaman Kalteng itu masih Ia ditangkap penyidik Polda Kalteng pada Senin 18 Mei mengalami kendala angkutan karena selama ini masih 2012 lalu, lantaran massa penahanan sesuai kewenangan mengandalkan transportasi Sungai Barito. penyidik sudah habis, sementara berkas perkara tak “Angkutan tambang batu bara sering terhenti kunjung dinyatakan lengkap oleh Kejati Kalteng, akhirnya akibat kedalaman Sungai Barito yang menurun hingga Yadi sempat keluar demi hukum. tidak bisa dilayari tongkang dan kapal besar. Selain itu Dia menjadi tersangka dalam kasus batubara kalau debit air naik atau di atas normal, kapal tidak bisa tanpa dokumen sebanyak 31.393 metrik ton. Batubara melewati jembatan KH Hasan Basri Muara Teweh karena ini diangkut dengan enam tongkang di Sungai Barito. bisa tersangkut,”jelasnya. Barang bukti muatan enam tongkang batubara sendiri “Kendala alam ini membuat angkutan tambang telah dilelang kejaksaan. batu bara melalui Sungai Barito tidak maksimal. Selain Kapal ditangkap saat melalui Desa Muara Ripung kendala alam, belum maksimalnya produksi batu bara Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan sejumlah investor juga terjadi akibat perizinan,” ujarnya. (Barsel). Mengenai Yadi bin H Mulyar Direktur Utama CV ASN-018/MJF/NOZ Sinar Barito Global (SBG) kembali dipenjara di penjara

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

7


HUKUM

Corby Ratu Mariyuana Bebas Bersyarat

Foto: istimewa

Terpidana penyelundupan 4,2 kilogram mariyuana asal Australia, Schapelle Leigh Corby, menjadi satu dari 1.700 narapidana yang akan mendapatkan Pembebasan Bersyarat dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

M

enteri Hukum dan HAM, Amir Syamsuddin, di kantor Kemenkumham, Jakarta, Rabu (5/2) kemarin mengatakan saat ini 1.700 pengajuan Pembebasan Bersyarat narapidana masih diproses oleh Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP) Kemenkumham. Selanjutnya, ia akan melakukan penelaahan berdasarkan rekomendasi TPP itu. Amir menjanjikan, dalam hitungan tiga hari sejak ia menyampaikan informasi ini, dirinya selaku Menkumham akan menandatangani surat keputusan (SK) persetujuan pembebasan bersyarat untuk 1.700 narapidana itu, termasuk Corby. “Saya janjikan dalam tiga hari ini insya Allah diturunkan yang 1.700 (narapidana) dan memang Corby termasuk salah satu dari 1.700 itu,� kata Amir. Amir menegaskan, tidak ada perlakuan istimewa dalam pemberian pembebasan bersyarat kepada Corby ini. Menurutnya, setiap narapidana, termasuk Corby, berhak mendapatkan pembebasan bersyarat sepanjang dia memenuhi persyaratan dan mendapatkan rekomendasi dari PTP. Namun, diketahui sejak November 2013 lalu, hubungan Indonesia dan Australia merenggang setelah terbongkarnya penyadapan yang dilakukan pihak Negara Kanguru itu terhadap sejumlah pejabat penting Indonesia, tak terkecuali Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Belum diketahui ada atau tidaknya pengaruh hubungan kedua negara ini terkait pemberian pembebasan bersyarat kepada Corby.

8

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

Corby gadis asal Australia yang tertangkap di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali pada 8 Oktober 2004, saat dalam perjalanan liburan ke Bali. Saat itu, ia kedapatan membawa mariyuana seberat 4,2 kilogram dalam tas pembungkus papan selancar miliknya. Pengadilan Negeri Denpasar menghukumnya dengan 20 tahun penjara. Tapi Corby melakukan semua upaya hukum agar bisa bebas dari hukuman tersebut, termasuk pengajuan Peninjauan Kembali (PK) ke Mahkamah Agung (MA). Dan MA memutuskan menguatkan putusan hukuman 20 tahun penjara Corby tersebut. Perempuan yang dikenal dengan ‘Ratu Mariyuana’ itu bernafas lega setelah Presiden SBY mengabulkan permohonan grasinya pada Mei 2012. Saat itu, Presiden SBY pun mengeluarkan keputusan (Keppres) yang menuai pro dan kontra, yakni pemberian grasi dengan pengurangan masa hukuman selama 5 tahun penjara untuk Corby. Tidak hanya itu. Selama melaksanakan hukumannya di lapas, Corby juga kerap mendapatkan remisi atau pengurangan masa hukuman, di antaranya pengurangan hukuman 6 bulan bertepatan dengan peringatan 17 Agustus 2013. Bila tanpa remisi, grasi, dan pembebasan bersyarat, Corby baru bisa menghirup udara bebas dari tempatnya ditahan, Lapas Kerobokan, Bali, pada 2024, sebagaimana vonis 20 tahun penjara. Tapi kenyataannya tidak. ASN-019/ATA


HUKUM Iptek

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

9


HUKUM

Sitok Sang Pemerkosa

Foto: istimewa

Sudah Tiga Bulan, Penyair Pemerkosa itu Belum Juga Diperiksa Polisi

Kasus kekerasan seksual yang menyeret nama seorang penyair Sitok Srengenge, hingga saat ini tidak ada perkembangannya.

10

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

H

al ini dikeluhkan Iwan Pangka, kuasa hukum RW, korban kekerasan seksual yang dilakukan penyair tersebut. “Sudah hampir tiga bulan sejak pelaporan, sampai saat ini, pelaku ini belum juga diperiksa,� tulis Iwan dalam rilis yang diterima redaksi, Jumat (7/2). Menurut Iwan, waktu lebih dari 3 bulan sudah terlalu lama untuk suatu proses pemeriksaan kasus kekerasan seksual ini ada apa? Ditegaskannya, untuk kasus pemerkosaan, pencabulan, ataupun kekerasan seksual (pasal 285 KUHP), pemeriksaan harus dipercepat dan bahkan perlu mendapatkan perlakuan yang khusus, mengingat adanya kondisi trauma yang dialami korban.


HUKUM

tercinta, bagaimana kalau kita memperingati tanggal 29 November (hari RW melaporkan pemerkosaan terhadapnya yang dilakukan penyair Sitok Srengenge) setiap tahun sebagai hari antipemerkosaan?” tulis Linda dalam statusnya, Ahad (29/12). Meskipun negara belum mengesahkan hari antipemerkosaan itu, Linda mengajak teman-temannya untuk tetap memperingati. “Tanggal tersebut akan menjadi peringatan dalam sejarah negeri ini (atau bahkan dunia) dan sekaligus terus mengingatkan kita untuk berjuang melawan tindak kekerasan dan pemerkosaan terhadap perempuan, anak, danLGBTQI. Gerakan ini melintas agama, ras, status sosial, dan preferensi seksual,” kata Linda dalam statusnya tersebut. Sebelumnya, Komisi Nasional Antikekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) memprotes Polda Metro Jaya yang mengalihkan penangananan kasus dugaan eksploitasi seksual yang dilakukan Sitok Srengenge. Menurut Komnas Perempuan, pengalihan tersebut diskiriminatif. Awalnya, penanganan kasus ini dilakukan di Unit III Subdit Remaja, Anak, dan Wanita, tapi kemudian dialihkan ke Subdit Keamanan Negara (Kamneg) Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya. Alasan polisi, kasus ini telah menyedot perhatian publik. “Sikap Polda Metro Jaya mengalihkan penangananannya pada Subdit Kamneg adalah tidak tepat dan dapat dipandang sebagai praktik diskriminasi bagi perempuan korban, sebagaimana diatur dalam Pasal 2 huruf (c) dan (f) Konvensi CEDAW,” demikian antara lain ditulis dalam siaran pers Komisi Nasional Perempuan yang ASATUNEWS.com terima pada Selasa (24/12). Konvensi CEDAW adalah Konvensi Penghapusan Segala Bentuk Diskriminasi terhadap Perempuan (CEDAW) yang telah disahkan melalui Undang-Undang No 7 Tahun 1984. |Galuh Kirana & AENDRA ASN

Foto: istimewa

“Saya khawatir kasus ini akan tenggelam dan kurang diperhatikan, mengingat adanya kegiatan Pemilu yang akan segera dilaksanakan. Saya pun khawatir, prioritas aparat kepolisian untuk melakukan penanganan keamanan serta ketertiban masyarakat pada masa pemilu turut berpengaruh terhadap kasus ini. Lantas dampak terburuknya kasus ini mungkin saja akan dihentikan. Karena itu, saya berharap pihak kepolisian segera memeriksa pelaku, memberikan informasi dan kepastian hukum atas kasus ini secara terbuka kepada publik,” ujar Iwan. Advokat yang biasa disapa Iwan ini juga menyesalkan pasal yang dikenakan terhadap aktivis komunitas Salihara itu hanya perbuatan tidak menyenangkan atau Pasal 335 KUHP. “Ini sangat tidak tepat. Karena, perbuatan pelaku sudah jelas merupakan pemerkosaan dan kekerasan seksual. Jadi, kami akan memperjuangkan agar SS dikenakan Pasal 285 dan Pasal 294 KUHP,” kata Iwan. Sementara itu, Iva Kesuma, yang juga kuasa hukum korban, menambahkan kesaksian dari dua korban lain selain mahasiswi Universitas Indonesia itu seharusnya menjadikan adanya peningkatan, bukan lagi Pasal 335 KUHP. “Ini yang penting yang akan kami perjuangkan,” ujar Iva. Dijelaskan pula, bukti forensik psikologis dan fisik juga sudah diperkuat dengan penjelasan dari ahli ginekolog. “Yang jelas, kami tidak akan berhenti mengawal sampai proses hukum ini benar-benar berjalan,” tutur Iva. Proses hukum atas kasus Sitok Srengenge agar dikenakan pasal pemerkosaan terhadap sejumlah perempuan ini juga turut mendapat dukungan dari kalangan Majelis Kedaulatan Penyai. Di sisi lain, pada akhir Desember 2013 lalu, penulis peraih banyak penghargaan nasional dan internasional, Linda Christanty, mengajak teman-temannya di Facebook untuk memperingati tanggal 29 November sebagai Hari Antipemerkosaan. “Teman-teman yang

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

11


HUKUM

Negara Masih Cinta Dokter Akhirnya Dokter Ayu Dkk Bebas

Foto: istimewa

Majelis hakim Mahkamah Agung, yang memberikan vonis bebas terhadap dr. Dewa Ayu Sasiary Prawani, dr. Hendi Siagian, dan dr. Hendri Simanjuntak, diklaim membawa angin segar kepada semua dokter di Indonesia.

“P

utusan bebas terebut sangat membuktikan, bahwa negara masih cinta sama dokter,” tutur Dr. Mohammed Adib Khumaidi, selaku Kepala Bidang Organisas Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia ( PB IDI), di Gorontalo, Sabtu (8/2/2014). Kemarin, Jumat (7/2/2014), pihak majelis hakim Mahkamah Agung berikan vonis bebas kepada Dr. Dewa Ayu Sasyari Prawani, dr. Hendi Siagian, dan dr. Hendri Simanjuntak, melalui Peninjauan Kembali (PK) yang dilakukan ketiganya dan akhirnya dikabulkan MA. Hakim pun meminta segera mengeluarkan para terpidana dari LP, serta memulihkan kembali nama baik dan harkat martabat ketiga pemohon PK tersebut. “Saya mengucapkan terimakasih kepada semua dukungan rakyat indonesia,”katanya. Sebelumnya Komisi IX DPR mendukung permohonan menteri kesehatan dan Ikatan Dokter Indonesia kepada Kejaksaan Agung tentang penundaan eksekusi hukuman dr Dewa Ayu Sasiary, dr Hendy Siagian, dan dr Hendry Simanjuntak. “Komisi IX DPR memohon Mahkamah Agung memutus upaya peninjauan kembali kasus dr Dewa Ayu

12

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

Sasiary, dr Hendy Siagian, dan dr Hendry Simanjuntak, dengan seadil-adilnya dan mempertimbangkan semua fakta hukum yang ada,” kata Wakil Ketua Komisi IX DPR, Nova Yusuf, di Gedung Parlemen, Jakarta, Komisi IX DPR meminta IDI mengadvokasi dr Ayu dan kawan-kawan. “Agar pada masa mendatang UU Nomor 29/2004 tentang Praktik Kedokteran dan UU Nomor 3/2009 tentang Kesehatan, dapat menjadi dasar hukum utama dalam menangani pelanggaran medikolegal yang dilakukan dokter sehubungan dengan pekerjaannya,” kata dia. Selain itu, Komisi IX DPR akan menjadwalkan rapat kerja gabungan dengan Komisi III DPR dengan mengundang menteri kesehatan, jaksa agung, menteri hukum dan HAM, Komisi Yudisial, Mahkamah Agung, dan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban. “Komisi IX DPR meminta IDI dan POGI untuk memberi masukan terkait aspek medikolegal untuk melengkapi pembahasan RUU tentang KUHP dan RU tentang KUHAP saat rapat gabungan,” ujar politisi Demokrat itu. ASN


HUKUM

Iklan Layanan Masyarakat ini dipersembahkan oleh ASATUNEWS.COM untuk Indonesia perangi NARKOBA!!! Š2013 ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

13


LapORANUTAMA

Gita Wirjawan Menzalimi Petani

Impor Beras Vietnam Merajai Indonesia Gita Wirjawan akhirnya resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai menteri Perdagangan. Hal ini disampaikan Gita dalam konfrensi pers di kementrian perdagangan. ‘‘Mulai tanggal 1 Februari saya mengundurkan diri dari jabatan saya sebagai menteri perdagangan,’’ ucap Gita dalam konfrensi pers tersebut.

Foto: istimewa / Ilustrasi: Elly asatunews

14

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014


LapORANUTAMA

D

irinya pun menjelaskan alasannya mundur adalah, tersitanya waktu yang dia miliki dalam mengikuti kegiatan konvensi capres Partai Demokrat sehingga kinerjanya sebagai menteri tidak maksimal. “Sudah saatnya bagi saya untuk mencurahkan seluruh energi dan waktu saya untuk tujuan mulia ini,” terangnya. Dirinya pun mengucapkan terimakasih kepada Wamen Perdagangan, Bayu Krishnamurti dan juga seluruh jajaran karyawan di Kementrian Perdagangan. “Terimakasih kepada Wamen dan juga seluruh rekan saya di Kementrian Perdagangan,” tukasnya. Diketahui, Gita sudah mengajukan surat pengunduran dirinya kepada Presiden SBY sejak akhir tahun lalu. Namun baru Januari ini SBY menyetujui pengunduran diri Gita. Mantan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dianggap tidak memiliki etika moral politik. Hal itu dibuktikan dengan pengunduran dirinya sebagai menteri. “Sikap politik GW tidak mempertontonkan perilaku politik bijak bagi publik,”kata Peneliti Founding Father House (FFH), Dian Permata kepada ASATUNEWS, Selasa, (4/2). Menurut Dia, memori publik sudah lebih dahulu terbangun bahwa Gita Wirjawan adalah capres kovensi Partai Demokrat. Maka tidak heran apabila sikap Gita itu dikaitkan dengann niat bahwa ia jadi capres di Pilpres 2014. “Seharusnya jika GW niat jadi capres maka langkah mundur itu dilakukan ketika namanya masuk dalam salah satu peserta konvensi. Bukan di saat perhelatan konvensi. Langkah GW itu justeru blunder. Karena publik beranggapan langkah mundur itu untuk memuaskan nafsu politik GW jadi capres,” terang Dian. Di sisi lain, sambungnya, Gita Wirjawan tidak dikatakan sebagai elite dan politikus amanah. Hal itu karena ia mengundurkan diri saat persoalan beras impor mengemuka. Dengan kata lain, Gita telah lari dari tanggungjawab. “Komitmen GW terhadap pemerintah SBY-Rendah. Padahal, publik berharap banyak bahwa Gita Wiryawan bisa menterjemahkan ide-ide soal memajukan pertanian. Karena latar belakang SBY doktor pertanian,”katanya. “Jika latar belakang pengunduran diri tersebut dikarenakan karena itu konvensi capres PD, maka itu sama saja bahwa komitmen GW untuk republik ini rendah. Karena ia lebih mementingkan keinginan konvensi PD ketimbang mengatasi masalah impor beras dan kedelai yang kerap terjadi,”pungkasnya. ASN

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

15


LapORANUTAMA

S

eperti diketahui Gita Wirjawan mundur dari jabatannya sebagai Menteri Perdagangan pada 31 Januari 2014. Alasan Gita, menghindari benturan kepentingan karena mengikuti konvensi pencalonan presiden yang dihelat partai Demokrat. Selain itu, Gita ingin fokus dalam kompetisi tersebut.

Berikut isi surat pengunduran diri Gita Wirjawan kepada Presiden SBY yang diterima wartawan bentuk lembaran kopian. Kepada Yth Presiden Republik Indonesia Bapak Susilo Bambang Yudhoyono di Tempat Yang terhormat Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Pertama-tama, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepercayaan yang diberikan Bapak kepada saya untuk menjadi Menteri Perdagangan dalam Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II yang Bapak pimpin. Kesempatan yang Bapak berikan kepada saya untuk berbakti kepada negara, melalui BPKM dan Kementerian Perdagangan, merupakan pengalaman yang sangat berharga. Empat tahun berbakti kepada negara membangkitkan kembali kesadaran saya mengenai nilai patriotisme, sebuah nilai yang sejak kecil telah ditanamkan oleh ayah saya. Seperti yang Bapak ketahui, saat ini saya menjadi salah satu peserta Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat 2014. Bagi saya, konvensi yang diselenggarakan Partai Demokrat ini adalah bukti nyata kemajuan praktek berdemokrasi bukan hanya di tingkat internal Partai Demokrat, namun juga bagi dunia perpolitikan Indonesia. Selain itu, saya percaya bahwa Konvensi ini memberi harapan nyata bagi seluruh rakyat untuk mendapat pilihan calon pemimpin baru yang akan melanjutkan pencapaian cita-cita kita semua. Mengingat betapa pentingnya Konvensi ini bagi kepentingan bangsa, saya merasa sudah selayaknya jika mencurahkan seluruh energi dan waktu untuk menyukseskan upaya mulia ini. Oleh karena itu, bersama surat ini saya mengajukan permohonan untuk mengundurkan diri dari jabatan saya selaku Menteri Perdagangan RI per tanggal 31 Januari 2014. Pengunduran ini juga didasari oleh kesadaran etis tentang besarnya potensi konflik kepentingan jika saya terlibat penuh dalam proses politik selama Konvensi, sementara pada saat yang sama tetap menjalankan tugas dan kepercayaan yang Bapak berikan sebagai Menteri Perdagangan. Saya harap, atas persetujuan Bapak, langkah yang saya ambil ini merupakan langkah terbaik bagi Indonesia dan dapat menjadi preseden dalam perkembangan politik dan demokrasi di Indonesia. Demikian yang perlu saya sampaikan. Saya mohon maaf apabila apa yang saya sampaikan ini tidak berkenan di hati Bapak. Tapi saya mohon pemahaman Bapak bahwa permohonan diri saya dan apa yang saya sampaikan dalam surat ini sepenuhnya demi kebaikan bangsa dan negara Indonesia.

Foto: istimewa

ASN

16

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014


LapORANUTAMA

Foto: istimewa

‘‘Beras Impor’’ Gita Dibela Istana

Mengenai kasus beras impor Vietnam yang mengemuka akhir-akhir ini, Juru Bicara Kepresidenan menilai bahwa Gita Wiryawan tidak ada kaitannya dengan hal tersebut. ‘‘Yang pasti Pak Gita tidak ada kaitannya dengan kasus beras impor dari Vietnam yang mengemuka beberapa waktu terakhir.’’ kata Julian di Kantor Presiden, Jakarta, Sabtu(1/2).

J

ulian mengatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memastikan bahwa masalah beras impor Vietnam akan ditangani dengan baik, meskipun Menteri Pedagangan Gita Wirjawan mundur dari jabatannya. Presiden meminta Gita tetap menjalankan tugasnya sebagai Mendag hingga ditunjuk pengganti definitifnya. “Beras impor tentu ditangani dan akan dikelola dengan baik,” ujarnya. Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah kalangan menyesalkan langkah Gita yang mundur di tengah masalah beras impor medium asal Vietnam. Gita mundur dengan alasan ingin fokus menjalani konvensi calon presiden Partai Demokrat. Dia juga mengaku tak mau memiliki konflik kepentingan jika harus menjalani konvensi, tetapi tetap menjadi seorang menteri. Namun Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Firman Soebagyo menilai Gita lari dari masalah. Menurut Firman, Kemendag selaku otoritas yang mengeluarkan izin importasi beras harus bertanggung jawab. Kisruh beras impor ini berawal dari laporan pedagang beras yang mengatakan ada impor beras Vietnam jenis mendium yang membanjiri pasar. Padahal, impor beras medium tersebut seharusnya hanya bisa didatangkan Perum Bulog Gita juga dinilai Menzalimi Petani bahkan Firman Subagyo, mengecam mundurnya Gita Wirjawan sebagai

Menteri Perdagangan. Dia menilai Gita mundur saart kementrian meninggalkan banyak persoalan. “Kenapa dia malah mundur. Bukan menyelesaikan masalah impor beras, sekarang malah memilih maju sebagai calon presiden,” kata Firman dalam diskusi di Jakarta, Sabtu (1/2). Firman menerangkan, meski Gita memilih mundur sebagai menteri, itu tidak akan membuat elektabilitas Gita meningkat dan bisa memenangkan konvensi Partai Semokrat. “Saya melihat mundurnya Gita hanya sebagai pencitraan,” ujarnya. Apa yang dilakukan Gita ini, lanjutnya, sama saja dia menzalimi para petani. Sebab, banyak kebijakan yang tidak mendukung para petani. “Saya yakin, meski nanti terpilih menjadi calon presiden dari Parati Demokrat, petani tidak akan memilih Gita. Sebab, kebijakan Gita banyak yang menzalimi petani,” tuturFirman. Fungsionaris Partai Golkar itu pun menyayangkan sikap Gita yang seperti menyerahkan persoalan kepada seluruh karyawan Kementerian Perdagangan dalam masalah impor beras. “Kemarin, saat jumpa pers, dia bilang untuk masalah perdagangan ada tiga ribu anak buahnya yang bisa menyelesaikan. Masak, seorang pemimpin mengatakan itu?” ujarnya. Peneliti Senior Founding Fathers House (FFH) Dian Permata menilai Mundurnya Gita Memancing Apatisme Publik Gita mudur dari jabatannya sebagai Menteri Perdagangan demi ambisi konvensi calon presiden, secara tak langsung dapat merangsang apatisme publik. “Biasanya perilaku elite yang tidak mempertontonkan sikap baik, santun, bijak dalam jabatannya itu bisa menstimulasi orang untuk apatis. Yang dilakukan Gita juga bukanlah perilaku yang baik,” kata Dian kepada ASATUNEWS Sabtu (1/2). Jika apatisme publik terus meningkat seiring banyaknya elite politik yang bersikap buruk, bukan tidak mungkin tingkat partisipasi pemilih dalam Pemilu nanti akan ikut turun. Sikap Gita untuk mundur dinilai hanya untuk memuaskan para elite politik. Namun, di sisi lain, publik tentu akan melihat sikap itu sebagai perilaku yang menimbulkan citra buruk. “Pada akhirnya publik juga yang menilai, publik akan melihat dia lari dari tanggung jawab seorang menteri demi menjadi presiden. Nanti orang akan berpikir lagi, jangan-jangan nanti sudah jadi presiden mundur juga di tengah jalan,” katanya. Publik tentu, kata dia, akan lebih menerima pengunduran diri Gita jika itu dilakukan atas kesadaran telah gagal dalam tugasnya sebagai Mendag. “Andai saat ramai soal impor kedelai itu dia mundur karena merasa tidak mampu menangani, tentu publik bisa menerima dengan lapang dada. Tapi kalau dengan perilaku ini, persepsi publik terhadap dia tentu akan semakin buruk,” katanya. Dian menambahkan, pengunduran diri Gita demi mengikuti konvensi calon presiden Partai Demokrat saat ini sangat terlambat. Terlebih karena belum ada prestasi yang bisa diciptakan mantan Kepala BKPM itu. “Ini justru membuat citra dia dan Demokrat jadi jelek. harusnya ada prestasi kerja, jangan tiba-tiba tinggalkan pemerintahan begitu saja,” katanya. ASN

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

17


LapORANUTAMA

Mimpi Jadi Presiden

Gita Lari dari Tanggungjawab Pandangan lain yaitu datang dari Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Din Syamsuddin menyesalkan sikap Gita Wirjawan yang mengundurkan diri dari jabatan Menteri Perdagangan (Mendag) dengan alasan akan fokus mengikuti konvensi penjaringan calon presiden (capres) Partai Demokrat.

“I

tu sama saja lari dari tanggung jawab,” kata Din seusai menerima kunjungan ‘Roadshow’ Timwas Century di PP Muhammadiyah, Jakarta, Jum’at (31/1). Cendikiawan muslim yang juga dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Jakarta menegaskan, mundurnya Gita dari Kemendag tentu akan menimbulkan persoalan baru. Bagaimana tidak, dirinya mundur sebagai Menteri disaat kasus impor beras Vietnam mencuat. “Ia (Gita_red) harus jelaskan itu dulu. Sebelum ia mundur,” tegas Din. Selain itu, mantan kandidat calon presiden RI tahun 2009 dari Partai Matahari Bangsa (PMB) tersebut juga menghimbau kepada semua kontestan konvensi Partai Demokrat (PD) yang masih memegang jabatan publik juga harus mundur. “Selain bisa fokus mengikuti tahapan konvensi. Juga bisa mengikis conflict of interest,” tegas Din. Di tepi lain, politisi Partai Golkar Bambang Soesatyo yang turut hadir dalam kesempatan tersebut menambahkan, partai politik yang mau menerima tawaran untuk menggantikan posisi Gita sebagai Menteri Perdagangan dipandang sebagai Partai bodoh. “Partai apapun termasuk Golkar yang terima tawaran tersebut jadi partai bodoh,” tutup Bamsoet. Buntut mundurnya Gita wirjawan dari Menteri Perdagangan menjadi kontroversi, ada yang menangapi positif ada juga yang negataif. Jika Firman Soebagyo mengatakan Gita Wirjawan harus bertanggung jawab soal impor beras Vietnam. Pihaknya telah meminta klarifikasi dengan Kementerian Pertanian soal izin impor beras. Hal itu disampaikan Firman dalam wawancara di program sebuah TV, Jumat (31/1). TIM

Foto: istimewa / Ilustrasi: Elly asatunews

18

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014


Foto: istimewa

LapORANUTAMA

Gita Wirjawan dalam Jejak Panjang Gita Wirjawan. Pria kelahiran Jakarta, 21 September 1965, saat ini berusia 48 tahun. Nama lengkapnya Gita Irawan Wirjawan, putra dari pasangan almarhum Wirjawan Djojosoegito dan Paula Warokka Wirjawan. Almarhum ayahnya sendiri adalah seorang profesor kedokteran di Jogja.

G

aris keturunan Gita berasal dari keluarga santri, ningrat, dan terdidik. Kakek Gita Wirjawan, Raden Ngabehi Hadji Minhadjurrahman Djojosoegito adalah ketua Muhammadiyah Cabang Purwokerto, yang masih memiliki hubungan kekerabatan dengan KH. Abdurrahman Wahid alias Gus Dur melalui isteri Rois Akbar, yakni Mbah Hasyim Putri dan pendiri Nahdatul Ulama, KH. Hasyim Asyhari. Merunut dari garis keturunan tersebut, dapat diketahui, secara tidak langsung, bahwaleluhur seorang Gita Wirjawan, adalah memiliki genitas dari keturunan seorang pendiri Nahdlatul Ulama, sebuah organisasi keislaman terbesar di Indonesia.

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

19


Foto: istimewa

LapORANUTAMA

20

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

Sedangkan Paula Warokka Wirjawan, ibu dari Gita, adalah seorang wanita yang berasal dari daerah Remboken, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, dan memiliki peran penting dalam menemani Wirjawan Djojosoegito membangun keluarga santri. Ketika pada usia 13 tahun, Gita mengikuti orang tuanya yang ditugaskan ke Bangladesh sebagai wakil pemerintah Indonesia di Badan Kesehatan Dunia (WHO). Dan tiga tahun kemudian, bersama keluarga Wirjawan, Gita pun pindah ke India. Perjalanan mengikuti orangtuanya yang ditugaskan ke luar negeri itu, Gita besar memiliki naluri sebagai abdi negara seperti yang dimiliki ayahnya. Selain memiliki darah sebagai kepercayaan negara, Gita juga memiliki bakat dan naluri seorang seniman. Itu diperlihatkannya dari kemampuannya memainkan alat musik sejak kecil. Peran sang ayah sangatlah besar untuk menjadikan Gita memiliki kemampuan memainkan beberapa alat musik. Ayahnyalah yang pertama kali memintanya untukbelajar piano klasik. Awalnya Gita tidak tertarik dengan keinginan ayahnya itu. Namun,desakan bakat seni seperti mengalir di dalam darahnya begitu saja secara alami. Dari itu, kegemaran akan instrumen musik menjadi bagian yang dinikmati Gita dalam bagian hidupnya. Kini Gita mampu memainkan beberapa alat musik, seperti gitar, biola, saksofon, hingga siter alat petik dalam musik Jawa. Dari semua alat musik yang bisa ia mainkan, gitar melodi adalah favoritnya. Gita sangat mahir bermain musik. Bahkan, terkadang ditengah luangnya, Gita banyak menghabiskan waktunya dengan bermain musik dan olahraga. Ketika kuliah di Berkeley, Amerika Serikat, Gita mengambil matematika dan musik sebagai mata pelajaran utamanya. Namun, pada tahun keempat di masa perkuliahan, ibunda Gita, khawatir dengan mata kuliah yang menjurus kealiran musik. Kekhawatiran tersebut disebabkan bahwa lulusan sekolah musik tidak akan membuat anaknya mendapatkan pekerjaan yang layak. Atas kekhwatiran ibunya itu, Gita pada tahun 1992, kemudian mengambil kuliahadministrasi bisnis. Hanya dalam waktu dua tahun, Gita mampu menyelesaikan kuliahnya tersebut dan kemudian menggondol gelar sarjana administrasi bisnis dari Kennedy School of Government, Harvard University, Amerika Serikat. Setelah lulus, ia pulang ke Indonesia dan kemudian berkarier sebagai seorang bankir di Citibank. Pada tanggal 17 April 1993, Gita Wirjawan menikah dengan Yasmin Stamboel, cucuPahlawan Nasional Otto Iskandardinata. Dari hasil pernikahannya itu, Gita dikarunia 3 (tiga) orang anak, yakni Gian Putra Wirjawan, Gibran Putra Wirjawan, dan Gia Putri Wirjawan. Pada kurun waktu tahun 1999 sampai dengan tahun 2000, Gita berhasil menamatkan kuliah pasca sarjananya di Harvard, lalu bekerja di Goldman Sachs Singapura hingga tahun 2004. Goldman Sachs adalah sebuah bank yang didirikan oleh Marcus Goldman. Pada tahun 2005 ia pindah bekerja ke ST Telekomunikasi, Singapura. Di perusahaan tersebut, ia bekerja selama kurang lebih satu tahun sebelum akhirnya berlabuh ke JP Morgan Indonesia. Dalam tugasnya sebagai Presiden direktur JP Morgan Indonesia, Gita menganalisis akan terjadinya resesi ekonomi di Amerika, yang pengaruhnya akan meluas ke seluruh dunia. Ia berusaha memberitahukan analisisnya tersebut kepada pemerintah, ekonom, serta kalangan pengusaha, namun tidak ada pihak yang


LapORANUTAMA

mempercayainya, atas dasar estimasi tersebut, maka ia mendesign dengan mendirikan perusahaan investasi dengan mempersiapkan dan mengumpulkan dana untuk membeli saham-saham perusahaan yang diperkirakan akan jatuh terimbas krisis global nantinya. Tahun 2008, Gita mewujudkan ambisinya untuk mundur dari JP Morgan dan mendirikan Ancora Capital. Perusahaan barunya ini berfokus pada investasi di sektor energi dan sumber daya alam. Ketegasannya dalam mengorganisir Ancora berbuah manis ketika hanya dalam hitungan bulan, perusahaan ini mengambil alih sebagian saham PT Apexindo Pratama Duta Tbk, PT Bumi Resources Tbk, PT Multi Nitrat Kimia, beberapa perusahaan properti di Jakarta, dan sebuah perusahaan properti di Bali. Ancora Capital telah berhasil menghimpun dana investasi (private equity fund) dari para investor asal Timur Tengah, Malaysia, dan Brunei yang mencapai 300 juta dollar AS. Private equity fund yang dibentuk Ancora Capital ini merupakan private equity fund pertama yang didirikan dan memenuhi ketentuan syariah (shariacompliant private equity fund). Perjalanan karier Gita semakin meroket. Pada 11 November 2009, Gita bergabung dengan Kabinet Indonesia Bersatu jilid II sebagai Kepala Badan Koordinasi dan Penanaman Modal (BKPM). Gita sukses membuktikan kepemimpinannya dengan meningkatnya realisasi investasi, dengan keberhasilannya menggandeng investor asing untuk menanamkan modalnya di negeri ini. Atas dasar kesuksesannya meningkatkan iklim investasi secara signifikan di Indonesia, selanjutnya pada tahun 2011, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memposisikan Gita sebagai Menteri Perdagangan. Ketegasan visi yang dimiliknya, membuat Gita menerapkan kebijakan terkait produk-produk impor secara jelas, yakni kebijakan impor adalah kebijakan yang tidak serta merta menyebabkan ketergantungan dan perdagangan adalah fokus yang harus dikerjakannya demi kesejahteraan rakyat. Meski telah disibukkan oleh aktivitas pemerintahan dan bisnis yang begitu padat, Gita tetap meluangkan waktu untuk bermain musik dan golf yang sangat digemarinya. Gita menyenangi musik klasik. Dan demi menunjang kegemarannya bermain musiknya itu, maka ia mendirikan Omega Pacific Production. Selain memproduksi album jazz, Gita mengeluarkan album pop, seperti Tompi, Bali Lounge II, dan album Dewi Lestari. Gita juga mendirikan Ancora Golf, sebuah sekolah golf untuk mencetak para pegolf muda berbakat dengan fasilitas dan biaya hidup yang ditanggung oleh dirinya. Kegemaran terhadap olahraga juga membuat Gita pada 21 September 2012 bersaing dalam pemilihan ketua umum Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI). Dan ia pun terpilih menjadi ketua PBSI untuk periode 2012 sampai dengan 2016. Selain kegemarannya bermain musik dan berolahraga, serta di tengah kesibukannya sebagai menteri perdagangan, Gita juga menyukai kegiatan berorganisasi. Saat ini, Gita juga merupakan ketua umum organisasi kemasyarakatan, yakni Barisan Barindo (Barindo) untuk periode 2013 sampai dengan 2018. Tidak hanya itu saja, Gita juga dikenal memiliki kepedulian terhadap pendidikan di negeri ini. Bentuk kepeduliannya itu diwujudkannya dengan mendirikan Ancora Foundation, sebuah yayasan yang bergerak di

bidang kemanusiaan khususnya pendidikan. Untuk diketahui, Ancora Foundation sendiri memfokuskan diri pada donasi pendidikan untuk pemuda Indonesia dengan membuat beberapa program beasiswa bagi anak bangsa yang ingin meneruskan kuliah di beberapa universitas ternama di dalam, dan luar negeri. Orang tua Gita Wirjawan tentunya sangat berbangga, karena telah berhasil melahirkan keturunan-keturunan yang brilian. Selain Gita sendiri, saudaranya seperti Dian Budiman Wirjawan adalah mantan Direktur Utama PT. Danareksa; Wibowo Suseno Wirjawan adalah seorang direktur utama PT. Terminal Peti Kemas Koja dan mantan direktur utama PT. Jakarta International Container Terminal, dan Rianto Ahmadi Djojosoegito yang kini menjabat sebagai wakil presiden PT. Alianz Life Indonesia. Dalam suksesi Kepemimpinan Nasional di tahun 2014 ini, Gita berkeinginan untuk menunjukkan potensi dan kapasitasnya menjadi calon Presiden Republik Indonesia.Maka, untuk mewujudkan keinginannya itu, Gita pun baru-baru ini, mengikuti konvensiyang digelar Partai Demokrat. Gita termasuk dari beberapa peserta yang mengikuti konvensi sebagai calon Presiden dari Partai Demokrat. Gita sendiri memiliki pandangan, bahwa pemimpin yang dibutuhkan Indonesia saat ini adalah sosok pemimpin yang bisa membawa kesejahteraan bagi rakyat Indonesia di tengah pusaran demokratisasi dan pluralisasi. Dengan saat ini rakyat Indonesia berjumlah 250 juta jiwa, maka sepantasnya sejumlah tersebut bukan hanya untuk memilih pemimpin, namun juga untuk dipilih sebagai pemimpin. Karena, semakin banyak yang layak menjadi pemimpin, maka sebuah indikator majunya peradaban bangsa dan menunjukkan semangat demokrasi makin terpatri di jiwa bangsa Indonesia. Kerangka berpikir Gita tentang pemimpin Indonesia kedepan, tentu saja tampak sekalimemiliki khasanah yang sangat mengapresiasi kearifan lokal untuk kemudian mengantarkannya pada modernitas internasional, termasuk mengorbitkan Indonesia sebagai negara yang dapat menjembatani dua negara yang saat ini menjadi pilar ekonomi terbesar di dunia, yakni Amerika Serikat dan China, dan menjadi defisit soft of power diantara negara-negara Barat dan negara-negara Timur Tengah dengan profesionalisme yang dimiliki serta kemudian dapat mengintegrasi ilmu pengetahuan, teknologi, budaya dan ekonomi demi sebuah political order semangat Negara Kesatuan Republik Indonesia. Gita Wirjawan dalam konteks tersebut tentu saja memiliki strategi dalam menuju dan menjadikan Indonesia Jaya melalui empat pilar catur moksa (empat cara keluar dari jurang keterpurukan bangsa), yakni: (1) Penguatan dan pemerataan ekonomi demi kedaulatan perekonomian bangsa; (2) Reformasi di bidang politik, hukum dan strategi pemberantasan korupsi; (3) Peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi demi menjawab kebutuhan secara umum dan tantangan dunia kerja; (4) serta Memperbaiki dan memelihara kemajemukan bangsa. Kini setelah menjadi Menteri Perdagangan di mundur dan siap-siap ingin maju jadi Presiden lewat Konvensi Partai Demokrat. Akan ia mulus? Kita lihat saja nanti. Husni Fahruddin

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

21


LapORANUTAMA

Gita Wirjawan Mengaku Siap Jadi Presiden 22

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

Foto: istimewa

Jam Terbang Politik Kencur


LapORANUTAMA

G

ita mengutarakan kesiapannya jadi presiden jika dapatkan mandat dari rakyat. “Saya siap jadi pemimpin bangsa dan negara,” tutur Gita, di Ambon, Kamis (16/1). Sebuah cara yang harus dilakukannya guna menjaga peluang menjadi calon presiden adalah dengan memenangkan konvensi Partai Demokrat. Gita optimis dapat menang melawan peserta konvensi lainnya seperti Dahlan Iskan, Iman Gusman, Anis Baswedan dan Ali Masykur Musa. “Saya akan lebih bekerja keras dan hasil baik akan tercapai. Saya konsentrasi penuh dengan keyakinan menangkan konvensi,” tandasnya. Namun menurut pengamat politik dari Pusat Kajian Komunikasi Politik Indonesia (PKKPI), mestinya jika Gita siap jadi Presiden, dan agar tidak dianggap memanfaatkan fasilitas negara sebagai Menteri Perdaganagan dia hendaknya mundur. “Hal ini agar bisa lebih fokus jika akan menjadi Calon Presiden, kalau masih memanfaatkan kerja di kementrian lalu berkoar siap, itu namanya sudah menjadikan banyak kecurigaan,”tutur Gede Munanto Soekawati pada ASATUNEWS.com melalui saluran teleponnya. Namun saat di Bandung, Mantan Gubernur Jawa Barat yang juga sesepuh masyarakat Sunda, Solihin GP meminta agar Gita Wirjawan salah satu peserta konvensi

Calon Presiden (Capres) RI dari Partai Demokrat ikut memperbaiki partai Demokrat yang sudah Karut Marut Mang Ihin, meminta mantan Menteri Perdagangan RI tersebut berkunjung ke kediamanan Solihin GP di Jalan Cisitu Kota Bandung, Rabu (5/2). Lalu ia mengatakan “Saya kecewa dengan Partai Demokrat. Jadi kalau situ meneliti. Menurut saya, you (Gita Girjawan) harus mati-matian mengkoreksi,” kata Mang Ihin. Menyikapi kekecewaan Solihin GP, Gita menyatakan hanya Partai Demokrat-lah yang memberikan peluang kepada tokoh muda seperti dirinya untuk maju menjadi seorang calon presiden. Dikatakannya, sejumlah partai politik yang besar seperti PDI Perjuangan, Partai Golkar sama sekali tidak memberikan kesempatan bagi dirinya untuk maju sebagai capres. “Makanya saya sampai nekad keluar dari pemerintah. Karena ini satu-satunya jalan, karena partai lain tidak membuka jalan ke anak muda. Sampai saat ini, saya masih non partai,” kata dia. Sebagai tokoh panutannya, Gita menyatakan sepakat dengan usulan Solihin GP untuk mengoreksi Partai Demokrat agar menjadi lebih baik lagi. “Saya, setuju harus ada perubahan, koreksi. Oleh karena itu, saya turun sekarang (menjadi capres),” kata dia. Pada kesempatan tersebut, Solihin GP bertanya apakah Gita memiliki hubungan atau keterkaitan dengan Jawa Barat. “Kalau ada kaitan, saya sebagai sesepuh masyarakat Sunda. You (Gita Wirjawan) ada kaitannya ngak sama orang sunda,” ujar Solihin kepada Gita. “Istri saya, alhamdulilah orang Sunda juga Pak,” kata Gita. AME

Foto: istimewa

Disela lawatan kerjanya di Kota Ambon Provinsi Maluku, Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan menuturkan soal masalah politik. Baik yang sedang berkembang kini maupun tentang peluang dirinya mencalonkan jadi presiden.

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

23


Sorot

Karut Marut Impor Beras Viet Nam

Permainan dan Kecurangan Importir A

hli pertanian asal Institut Pertanian Bogor (IPB) Rachmat Pambudy menilai konsumsi beras masyarakat Indonesia saat ini terbilang tinggi. “Konsumsi beras di Indonesia sekarang ini sudah tinggi, sekitar 139 kg per kapita dengan jumlah penduduk sekitar 245 juta jiwa pada tahun ini,” kata Rachmat Pambudy. Sementara itu, lanjut Rachmat, produksi gabah kering giling saat ini hanya 69 juta ton dan konsumsi beras nasional pada 2012 diperkirakan sebesar 34 juta ton. “Oleh karena itu, untuk mengatasi kekurangan beras ini, perlu dilakukan upaya-upaya bermanfaat,” kata Rachmat. Rachmat mengungkapkan ada dua cara yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Pertama, memacu atau mempercepat peningkatan produksi beras.

Foto: istimewa

Bangsa Indonesia mayoritas mengkonsumsi beras. Hanya sedikit mereka yamg mengkonsumsi ubiubian, jagung, atau bahkan gandum sebagai bahan pokok makanan, tidak heran bila beras menjadi masalah utama sektor pertanian di Indonesia.

24

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014


SOROT

Konsumsi beras di Indonesia sekarang ini sudah tinggi, sekitar 139 kg per kapita dengan jumlah penduduk sekitar 245 juta jiwa pada tahun ini.

Foto: istimewa

Rachmat Pambudy Ahli pertanian asal Institut Pertanian Bogor (IPB)

“Cara pertama ini bisa dilakukan melalui tiga hal, yaitu menggunakan bibit yang lebih bagus, pupuk yang lebih berimbang dan metode penanaman yang lebih baik,” kata Rachmat. Terkait metode penanaman yang baik, Rachmat menganjurkan agar pemerintah lebih menggalakkan System of Rice Intensification (SRI) kepada petani-petani di Indonesia. Menurut Rachmat, SRI merupakan suatu metode menanam padi dengan menggunakan bibit, pupuk dan air yang lebih sedikit, namun hasil produksinya bisa tinggi. “Cara ini sebenarnya sudah diterapkan selama sepuluh tahun di Indonesia, tapi skalanya masih sangat kecil. Dari total 12 juta hektar lahan, mungkin hanya sepuluh persen yang menggunakan metode ini. Maka dari itu, saya sangat menganjurkan agar metode ini digunakan secara lebih luas,” kata Rachmat. Cara kedua, sambung Rachmat, yaitu menurunkan konsumsi beras melalui metode substitusi. Rachmat menambahkan maksud dari metode itu adalah mengganti nasi dengan jenis makanan lain yang sama-sama mengandung karbohidrat, seperti jagung, ubi, singkong, talas, sukun, atau pisang. Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan meyakini , Indonesia tidak perlu mengimpor beras lagi tahun 2013 . Menurut dia, produksi beras Indonesia mencukupi. “Tahun 2013 Bulog menyerap 3,5 juta ton beras. Saya yakin jika tercapai, tidak perlu impor beras,” ujarnya, seusai panen raya di Desa Jati, Kecamatan Jaten, Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu, 24 Maret 2013. Dahlan menuturkan, sebenarnya tahun lalu pun Indonesia tak perlu mengimpor beras tahun lalu. Namun, saat itu Bulog ragu apakah stok yang tersedia dapat mencukupi kebutuhan konsumsi dalam negeri. ‘’Akhirnya Bulog tetap impor beras, dan ternyata di akhir tahun masih sisa stok 2 juta ton beras,” kata dia. Tahun lalu Bulog berhasil menyerap 2,6 juta ton beras. Pengamat pertanian dari Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia, Khudori, menyatakan, produksi beras nasional sebenarnya cukup untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri. “Kalau menurut data Badan Pusat Statistik, surplus malah,” ujarnya saat dihubungi, Ahad 24 Maret 2013.

Awal Maret lalu BPS merilis angka sementara produksi gabah kering giling tahun 2012 adalah sebesar 69,05 juta ton atau setara 40,05 juta ton beras. Sementara konsumsi beras masyarakat Indonesia sekitar 139 kilogram per kapita per tahun atau total 34,05 juta ton per tahun. “Artinya, surplus beras tahun lalu adalah 6 juta ton,” kata Khudori. Namun, dia menilai pernyataan Dahlan Iskan bahwa Indonesia tahun ini tak perlu mengimpor beras terlalu terburu-buru. Seharusnya optimisme seperti itu baru dilontarkan setelah panen raya padi terlihat hasilnya, saat 65 persen produksi beras sudah tercapai. “Panen raya kan baru berakhir Mei mendatang, kalau produksi ternyata jeblok berarti pasokan akan menjadi tidak seimbang dengan kebutuhannya.” Sebelumnya, Menteri Pertanian Suswono menyatakan optimistis, target produksi padi bisa tercapai. Sebab, pemerintah mampu mempertahankan luas tanam padi sebesar 14,59 juta hektare dan luas panen minimal 14,08 juta hektare dengan produktivitas sebesar 5,12 ton per hektare. Namun pernyataan dan optimism Menteri BUMN dan Menteri Pertanian itu bertolak belakang dengan penemuan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan yang kini sedang melakukan penyelidikan terhadap 32 kontainer yang membawa 800 ton beras impor asal Vietnam, karena diduga terjadi pelanggaran ketentuan perijinan impor. Menteri Keuangan Chatib Basri dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (7/2), mengatakan temuan ini terjadi setelah Ditjen Bea dan Cukai berinisiatif mengubah tingkat risiko terhadap pos beras dengan tarif 1006.30.40.00 dan 1006.30.99.00 menjadi “high risk” pada Rabu (29/1). “Kami belum bisa menyampaikan sumber masalahnya dimana, tapi telah melakukan pemeriksaan lebih ketat. Jadi ada perijinan dan rekomendasi untuk impor beras premium Thai Hom Mali dari Thailand, namun yang masuk beras premium wangi dari Vietnam,” katanya. Chatib menjelaskan beras yang diduga bermasalah tersebut sedang dilakukan penelitian oleh Balai Besar Penelitian Tanaman Padi di Subang, Jawa Barat untuk membuktikan dugaan tersebut, yang hasilnya akan diumumkan paling lambat Kamis minggu depan. “Kami telah melakukan antisipasi agar jangan sampai beras ilegal mengganggu harga pasaran, katanya premium tapi harganya dibawah medium lokal, yaitu beras Vietnam yang harganya lebih rendah. (Kejadian) ini bukan wewenang Bea Cukai yang mendatangkan beras ini,” ujarnya. Direktur Jenderal Bea dan Cukai Agung Kuswandono menambahkan diduga terjadi pelanggaran ketentuan perijinan impor dan lartas dengan menyalahgunakan Surat Persetujuan Impor (SPI), sehingga importansi barang tidak sesuai antara laporan surveyor dengan ijin impor, dari temuan baru ini. Importansi dimaksud dilakukan oleh CV PS sejumlah 200 ton sebanyak delapan kontainer, CV KFI sejumlah 400 ton sebanyak 16 kontainer dan PT TML sejumlah 200 ton sebanyak delapan kontainer yang seluruhnya berasal dari Vietnam. “Langkah-langkah kami telah sesuai prosedur sesuai dengan kondisi saat ini, kami tidak menginvestigasi importir tapi memeriksa dokumen importansi sesuai prosedur dan ketetapan yang ada,” kata Agung.

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

25


Sorot

Foto: istimewa

Chatib Basri, Menteri Keuangan

Jadi yang dapat ijin awal dari sini tapi kategorinya dibuat sama.

Agung mengatakan Ditjen Bea dan Cukai belum bisa menyimpulkan lebih lanjut mengenai dugaan pelanggaran hukum dari importasi ini, karena masih menunggu hasil penelitian laboratorium terkait beras asal Vietnam tersebut. “Kami selalu ‘match’ dengan perijinan, kalau ijinnya ada beras mulai masuk, kalau ini mendistorsi harga itu masalah lain. Namun, kami telah menaikkan tingkat risiko menjadi ‘high risk’ untuk merespon kondisi supaya jelas,” ujarnya. Selain mengubah tingkat risiko atas dua pos tarif beras, Ditjen Bea dan Cukai juga telah mengubah sistem penelitian perijinan impor beras di portal INSW dari elektronik menjadi diteliti secara manual oleh petugas Analyzing Point sebagai upaya meningkatkan efektivitas pengawasan. Sementara, pos beras dengan tarif 1006.30.40.00 mencakup beras Thai Hom Mali yang selama 2013 telah dilakukan impor sebanyak 22.843 ton dan pos tarif 1006.30.99.00 termasuk beras Japonica, Basmati dan Bulog yang dilakukan impor 34.823 ton selama 2013. Ditjen Bea dan Cukai Kementerian Keuangan belum bisa memastikan terjadinya pelanggaran dalam kisruh beras impor asal Vietnam. Bila memang termasuk pelanggaran, pihaknya akan melarang masuknya beras tersebut. “Kita belum bisa menyimpulkan ini pelanggaran atau tidak. Tapi ada istilah pembatasan. Kami akan kroscek dari Kementerian Pedprdagangan. Kalau memang tidak sesuai ya kami tidak perbolehkan masuk,” jelas Dirjen Bea Cukai Agung Kuswandono, Jumat (7/2/2014).

26

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

Sejauh ini, Ditjen Bea dan Cukai telah mencatat setidaknya ada tiga importir yang bermasalah, yakni CV PS (mendatangkan 200 ton), CV KFI (400 ton), dan PT TML (200 ton). Dia mengklaim sebetulnya kisruh beras yang terjadi bukanlah masalah rumit, karena sudah diperiksa oleh surveyor, dan masuk dalam kategori low risk. “High risk itu adalah respon kita mencermati kondisi saat ini supaya yakin masalah utamanya apa,” jelasnya. Guna memastikan bahwa beras wangi asal Vietnam tersebut merupakan varietas yang berbeda dengan beras Thai Hom Mali, Ditjen Bea dan Cukai telah mengirimkan sampel beras ke Balai Penelitian Padi di Subang, Jawa Barat. Sementara itu, Menteri Keuangan Chatib Basri menjelaskan, dalam praktiknya yang masuk bukan cuma Thai Hom Mali, tapi beras wangi asal Vietnam. “Jadi yang dapat ijin awal dari sini tapi kategorinya dibuat sama,” kata Chatib. Chatib mengatakan untuk mengantisipasi masalah ini, maka Ditjen Pajak mengubah kategori semua beras impor dari low risk menjadi high risk. Tentu saja ada langkah-langkah lebih lanjut untuk menelusuri latar belakang masalah tersebut. Pemerintah harus melakukan penataan ulang kebijakan impor beras premium, terutama terkait pola pemasukan beras impor dan kepastian jenis beras yang diimpor. Hal itu dilakukan agar tidak muncul kembali kekisruhan impor beras. Menurut Ketua Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia Wilayah DKI Jakarta Nellys Soekidi, Rabu (5/2), di Jakarta, sumber beras premium impor sekarang tidak dari satu atau dua negara saja. Prinsip pedagang, di mana ada beras premium impor murah, akan dikejar, baik itu dari Jepang, Amerika Serikat, Thailand, maupun Vietnam. ”Yang penting, harga beras murah,” katanya. Karena sumber pemasukan beras impor dari sejumlah negara, kebijakan terkait kode HS harus dibuat secara transparan dan benar-benar dibedakan secara nyata. Kalau tidak, peluang terjadinya kekisruhan akan muncul kembali. Nellys mengatakan, kalau memang beras yang diimpor jenis Thai Hom Mali, harus jelas kode HSnya. Begitu pula dengan jenis beras Basmati ataupun Japonica. Yang penting juga, pola pemasukan beras impor premium harus diatur secara benar terkait dengan waktu pemasukannya. Jangan sampai beras impor masuk di tengah petani panen raya. Hal itu akan menekan harganya di tingkat petani. Konsumsi beras premium terus naik, produksi sangat bergantung pada iklim, karena itu masih diperlukan tambahan beras premium impor. Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi mengatakan, tantangan perberasan nasional ke depan adalah soal daya saing. Disparitas harga beras yang terlalu besar antara beras di pasar dunia dan beras lokal dapat mengganggu daya saing beras lokal. Guru Besar Sosial Ekonomi Industri Pertanian Universitas Gadjah Mada M Maksum mengatakan, pengawasan terhadap pemasukan beras impor harus dilakukan secara ketat agar tidak mengganggu daya saing beras petani sendiri. Apabila sampai terjadi penyimpangan oleh oknum yang seharusnya melakukan pemeriksaan, mereka harus diproses secara hukum karena hal itu dapat


SOROT

mengganggu kedaulatan pangan nasional. Di Surabaya, Jawa Timur, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim Budi Setiawan mengatakan, pasar Jatim dipastikan bebas dari beras impor kualitas medium karena produk lokal mengalami surplus. Gubernur Jatim pun sudah mengeluarkan peraturan tentang pelarangan beras impor masuk ke provinsi ini. Ketua Komite Tetap Ketahanan Pangan Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Franciscus Welirang menilai kasus beras impor yang marak belakangan ini merupakan permainan pada tingkat pedagang. “Sudah umum, bahwa importir juga berperan sebagai pedagang, dan sudah umum, pedagang mencampur beras. Yang saya tahu kalau beras Vietnam, betul-betul beras Vietnam murni dijual, tidak akan laku karena cenderung lengket dan tak ada yang mau makan,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis (6/2/2014). Bos Indofood ini menilai izin yang diberikan Kementerian Perdagangan memang dimaksudkan untuk beras jenis premium. Namun tidak bisa dimungkiri, Bea Cukai sulit melakukan pengecekan secara menyeluruh. “Impor masuk lewat jalur hijau saja. Itu dasarnya kepercayaan. Kalau importir nakal, dia punya izin premium tapi dimasukkan beras jenis medium. Tapi di tingkat pedagang mereka selalu mencampur. Kalau dilihat merek-merek beras yang ada, itu sudah merupakan hasil campuran jenis beras,” katanya. Dia mencontohkan rumah makan nasi Padang menyajikan beras campuran untuk mendapatkan tekstur akhir nasi yang tidak terlalu lengket tetapi juga tidak terlalu keras (pera), sehingga sudah umum pedagang di tingkat eceran melakukan pencampuran beras. “Misalnya ada beras Pandan Wangi yang betulbetul Pandan Wangi. Tapi ada juga yang beras dengan aroma wangi Pandan tapi tidak 100 persen beras Pandan Wangi. Campur mencampur di tingkat pedagang,” tuturnya. Jauh sebelum kekisruhan beras asal Vietnam belakangan ini , Komisi Pemberantasan Korupsi telah melakukan kajian mengenai beras, termasuk soal kebijakan impor beras. Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto mengatakan, hasil kajian tersebut menemukan adanya masalah dalam tata niaga beras. “Memang di situ ada masalah di tata niaga. Kalau pertanyaannya apakah mengarah ada indikasi korupsi, saya belum tahu,” ujar Bambang di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Rabu (5/2/2014) malam. Dia tidak menjelaskan lebih detail mengenai hasil kajian soal beras tersebut. Soal kisruh impor beras Vietnam belakangan ini, dia mengaku belum tahu apakah ada laporan yang masuk ke KPK. Kisruh beras impor Vietnam yang mengemuka belakangan ini berawal dari laporan pedagang beras yang mengatakan ada impor beras Vietnam jenis medium yang membanjiri pasar. Padahal, impor beras medium tersebut seharusnya hanya bisa didatangkan Perum Bulog. Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menyatakan siap diperiksa Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait beras impor Vietnam. Dia menilai, masalah beras impor telah dipolitisasi. “Saya siap (diperiksa BPK). Semakin lucu saja. Semakin dia (BPK) masuk, semakin saya siap. Selama kebenarannya saya pegang, saya tidak khawatir sama

sekali,” kata Gita di Hotel Horison, Bandung, Jawa Barat, Selasa (4/2/2014). Gita berkeyakinan tidak ada penyelewengan di Kementerian Perdagangan terkait kebijakan beras impor ini. Gita menuding, kisruh impor beras ini bermuatan politis, yang kemudian dikaitkan dengan pengunduran dirinya sebagai Menteri Perdagangan. “Kami akan membuktikan sampelnya. Berarti nanti ketahuan siapa yang politisasi. Sistem di Kementerian Perdagangan mampu mengatasi hal seperti ini,” ujar dia. Hasil uji laboratorium, papar Gita, menyatakan bahwa beras yang beredar di Pasar Induk Cipinang adalah jenis premium. Pengujian dilakukan dua laboratorium, yaitu Sucofindo dan Pusat Pengawasan Mutu Barang (PPMB) Kementerian Perdagangan. Hasil uji tersebut, ujar dia, mementahkan tuduhan pengimporan beras medium dari Vietnam. Sebelumnya, anggota BPK, Ali Masykur Musa, yang juga peserta Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat, mengatakan bahwa BPK akan terus menelusuri dugaan penyelewengan di balik masuknya beras impor dari Vietnam. BPK menjadwalkan pengumpulan data dan pemeriksaan awal pada Februari 2014. Jika diperlukan, kata Ali, maka BPK akan memeriksa Gita, sekalipun dia telah mundur dari jabatan Menteri Perdagangan. Ali menyebutkan adanya tiga aspek yang harus ditempuh dalam menyikapi persoalan ini. Ketiga aspek itu adalah penelusuran regulasi apakah pengadaan beras tersebut legal atau ilegal, soal penerimaan negara, dan kebijakan produksi beras di Indonesia. Menurut dia, jika pengelolaan padi di Indonesia sudah cukup, maka impor akan merugikan rakyat banyak. Dua uji laboratorium yang dilakukan terkait dugaan masuknya beras jenis medium asal Vietnam negatif. Hasil uji laboratorium yang dilakukan oleh Sucofindo dan Pusat Pengawasan Mutu Barang (PPMB) Kementerian Perdagangan menyatakan bila beras yang beredar di pasar induk Cipinang tersebut adalah jenis khusus. Bayu Krisnamurthi Wakil Menteri Perdagangan mengatakan, berdasarkan persyaratan Standar Nasional Indonesia (SNI) untuk beras yang masuk ke Indonesia dari Vietnam tersebut merupakan jenis khusus. “Hasil riset menunjukkan beras yang beredar jenis premium bukan medium,” kata Bayu Selasa (4/2/2014). Sekedar informasi, menurut SNI beras jenis premium atau khusus tersebut memiliki derajad sosoh sebesar 100 persen. Dari hasil pengujian lab menunjukkan bila beras yang di uji tersebut juga memiliki derajad sosoh sebesar 100 persen. Kadar air pada beras hasil pengujian mencapai 13,12 persen atau sedikit dibawah standar SNI yang mencapai 14persen. Bulir kepala beras yang diuji mencapai 97,15 persen atau lebih tinggi dari standar SNI yang hanya 95 persen. Butir patah pada beras yang diuji mencapai 2,29 persen, atau lebih sedikit dari standar maksimal yang ditetapkan SNI yakni 5 persen. Bulir menir yang terdapat dalam beras hasil pengujian mencapai 0,46 persen sedangkan standar SNI maksimal 0 persen. Hasil pengujian laboratorium dari beras yang beredar di pasar Cipinang tersebut masih sebagian dari tahapan untuk membuktikan keabsahan dari jenis barang yang diizinkan. Setelah ini, Kemendag akan melanjutkan dengan pengujian dari para ahli dan akademis

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

27


Sorot

Investigasi yang dilakukan Kementerian Perdagangan menunjukkan pelaku impor beras Vietnam yang belakangan membuat kisruh mengarah kepada importir. Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi menegaskan, penelurusan yang dilakukan Kemendag belum rampung. “Soal beras ini belum selesai. Ini sebuah penelurusan yang belum tuntas,” kata dia, Senin (3/2/2014). Kendati demikian, ada sedikit titik terang dari investigasi yang dilakukan sampai hari ini. Beras seperti Japonica dan Basmati, kata Bayu, boleh diperjualbelikan di rumah sakit, restoran, dengan harga umumnya lebih mahal. “Namun, ada laporan dari masyarakat, ada beras Vietnam itu diperjualbelikan di Pasar Induk Cipinang. Kita lakukan penelusuran, apakah itu beras medium? Itu bukan beras medium, tapi beras premium,” terang Bayu. “Anehnya, harganya lebih murah dibanding harga premium lainnya. Tidak tahu ini persaingan atau apa,” kata dia lagi. Lebih lanjut, Bayu mengatakan, secara administratif beras dimasukkan pada kode HS sama, kecuali Thai hom mali, guna penyederhanaan. Dari pemeriksaan sampling karantina, dan pemeriksaan dokumen Bea Cukai, semuanya sesuai. “Saya tegaskan, selama 2013 tidak ada rekomendasi beras khusus medium dan tidak ada izin impor beras khusus medium. Tidak ada izin dan rekomendasinya,” tegas Bayu. Ia menuturkan, realisasi impor seringkali berbeda dari alokasi, rekomendasi, dan izin yang diberikan. Hal itu disebabkan memang ada penurunan permintaan dari importir atau kurangnya ketersediaan suplier di luar negeri. “Kita akan menindak distributor atau importir. Penindakannya bisa mulai pencabutan izin, sampai kalau dia melakukan tindak pidana ekonomi atau dia lakukan penipuan akan kita tindak,” ujarnya. Terkait dengan kebijakan impor beras, selama ini pelaku importasi beras umum, baik premium ataupun medium hanya bisa dilakukan oleh Perum Bulog. Selanjutnya, importasi beras khusus premium hanya bisa diimpor oleh importir terdaftar atas rekomendasi Kementerian Pertanian, persetujuan impor Kemendag, disertai LS. Kementerian Perdagangan (Kemendag) tengah melakukan penyelidikan atas laporan pedagang di Pasar Induk Beras Cipinang mengenai dugaan masuknya beras medium asal Vietnam oleh importir di luar Perum Bulog. Direktur Impor, Direktorat Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Kemendag, Didi Sumedi menyebutkan temuan sementara yakni adanya perbedaan antara realisasi dan alokasi impor beras dalam Surat Persetujuan Impor (SPI) yang dikeluarkan Kemendag. Berdasarkan laporan Surveyor (KSO SucofindoSurveyor Indonesia) realisasi impor atas SPI untuk Japonica sebanyak 13.623 ton atau sebesar 90,83 persen. Sementara itu, realisasi impor atas SPI untuk Basmati sebanyak 1.524 ton atau sebesar 83,06 persen. Sepanjang 2013 ini, Kemdag menerbitkan SPI untuk beras konsumsi khusus jenis Japonica sebesar 14.997 ton dan beras Basmati sebesar 1.835 ton (total 16.832 ton) dengan Pos Tarif/HS Ex 1006.30.99.00. Pos tarif ini sama dengan Pos Tarif/HS dengan beras yang diimpor oleh Perum Bulog. Kemendag sedianya telah melakukan investigasi

28

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

terkait dugaan beredarnya beras medium asal Vietnam dengan melakukan pengambilan sampel. Kini, Kemendag tengah melakukan pemeriksaan laboratorium atas sampel temuan beras tersebut untuk membuktikan jenis klasifikasi varietas beras temuan dimaksud. “Apabila ditemukan adanya tindak pelanggaran yang dilakukan oleh importir terkait SPI untuk beras konsumsi khusus, maka akan diberikan sanksi sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku,” terang Didi. Sebagai informasi, SPI dikeluarkan oleh Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri atas nama Menteri Perdagangan dengan persyaratan utama rekomendasi dari Direktur Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian, Kementerian Pertanian. Sementara itu, alokasi nasional untuk kebutuhan impor komoditas beras konsumsi khusus ditentukan oleh Tim Kelompok Kerja Perberasan (Pokja Beras) di bawah koordinasi Kementan serta diatur melalui Keputusan Menteri Pertanian/Ketua Dewan Ketahanan Pangan Nomor 1542/Kpts/OT.140/4/2009. Berdasarkan hasil keputusan Pokja Beras tahun 2013, alokasi nasional impor beras untuk tahun 2013 yaitu: beras hibah, tanpa pembatasan; beras pecah 100 persen, 220.000 ton; beras ketan pecah 100 persen, 100.000 ton; benih padi, tanpa pembatasan; beras Basmati 2.000 ton; beras ketan utuh, 120.000 ton; beras kukus (diabetes), 380 ton; beras Japonica, 15.000 ton; dan beras Thai hom mali, 35.000 ton. Sebelumnya, pada 24 Januari 2013, Menko bidang Perekonomian Hatta Rajasa bersama instansi teknis terkait salah satunya Kemendag melakukan pemantauan terkait ketersediaan stok beras di Pasar Cipinang. Berdasarkan pemantauan tersebut, Kemendag menerima laporan dari salah satu pedagang di Pasar Cipinang mengenai dugaan masuknya beras medium asal Vietnam oleh importir di luar Perum Bulog. Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Ali Masykur Musa, mengatakan, BPK terus menelusuri dugaan penyelewengan di balik masuknya beras impor dari Vietnam. Jika tak meleset, maka BPK akan selesai mengumpulkan data dan melakukan pemeriksaan awal pada Februari 2014. Ali mengatakan, BPK juga akan mencari tahu dan menghitung kerugian negara akibat impor beras Vietnam tersebut. Ia meminta BPK diberi waktu untuk mengungkap semua fakntanya. “Pemeriksaan pendahuluan, pengumpulan data Februari selesai, menyangkut potensi kerugian negara membutuhkan waktu,” kata Ali, Minggu (2/2/2014) di Jakarta. Menurut Ali, BPK tidak ingin terlalu dini menyimpulkan ada penyelewengan di balik impor beras tersebut. Namun, dari pengalaman sebelumnya, pernah ditemukan motif penyalahgunaan Peraturan Menteri Perdagangan yang mengimpor beras premium dengan izin beras miskin. “Tahun dulu penyalahgunaan peraturan Menteri Perdagangan, kali ini apa? Kita perlu waktu,” kata Ali. Ali menyebutkan, ada tiga aspek yang harus ditempuh menyikapi persoalan ini, yakni penelusuran regulasi terhadap pengadaan beras tersebut apakah legal atau sebaliknya, lalu adanya penerimaan negara, dan kebijakan produksi beras di Indonesia. Menurut dia, jika pengelolaan padi di Indonesia sudah cukup, maka impor akan merugikan rakyat banyak. Sebelumnya, pedagang beras menyatakan kepada Menko Bidang Perekonomian Hatta Rajasa saat


Foto: istimewa

SOROT

kunjungan ke Pasar Induk Beras Cipinang bahwa ada beras yang baru datang pada pekan ketiga Januari 2014. Beras itu memiliki spesifikasi yang sama dengan yang didatangkan pada 2013 dari Vietnam. Mengonfirmasi hal ini, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai menunjukkan kepada publik bahwa beras asal Vietnam tersebut memang berizin Kementerian Perdagangan. Namun, Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi membantah hal tersebut. Dalam keterangan resmi lanjutan, Dirjen Bea Cukai menyatakan selama ini kode impor antara beras standar dan premium sama. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memastikan bahwa masalah beras impor Vietnam akan ditangani dengan baik meski pun Menteri Pedagangan Gita Wirjawan mundur dari jabatannya. Presiden meminta Gita tetap menjalankan tugasnya sebagai Mendag hingga ditunjuk pengganti definitifnya. Hal itu disampaikan Presiden melalui Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha di Kantor Presiden, Jakarta, Sabtu (1/2/2014). “Beras impor tentu ditangani dan akan dikelola dengan baik,” kata Julian. Menurutnya, Presiden akan mengumumkan pengganti definitif Gita dalam waktu dekat. Kebijakan Kementrian Perdagangan yang sudah digariskan, kata Julian, akan tetap berjalan. Julian juga mengatakan bahwa Gita tidak ada kaitannya dengan kasus beras impor Vietnam yang mengemuka akhir-akhir ini. “Yang pasti Pak Gita yang kami ketahui tidak ada kaitannya atau hubungan dengan kasus beras impor dari Vitenam yang mengemuka beberapa waktu terakhir,” katanya. Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah kalangan menyesalkan langkah Gita yang mundur di tengah masalah beras impor medium asal Vietnam. Gita mundur dengan alasan ingin fokus menjalani konvensi calon presiden Partai Demokrat. Dia juga mengaku tak mau memiliki konflik kepentingan jika harus menjalani konvensi, tetapi tetap menjadi seorang menteri. Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Firman Soebagyo menilai Gita lari dari masalah. Menurut

Firman, Kemendag selaku otoritas yang mengeluarkan izin importasi beras harus bertanggung jawab. Kisruh beras impor ini berawal dari laporan pedagang beras yang mengatakan ada impor beras Vietnam jenis mendium yang membanjiri pasar. Padahal, impor beras medium tersebut seharusnya hanya bisa didatangkan Perum Bulog. Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemenag Bachrul Chairi mengatakan bahwa pihaknya telah mengantongi tiga importir nakal. Jika ketiganya terbukti bersalah, kata Bachrul, Kemendag akan mencabut izin impor mereka. Sepanjang 2013, Kementerian Pertanian (Kementan) merealisasikan surat rekomendasi untuk beras khusus sebanyak 417.000 ton. Direktur Jenderal PPHP, Kementan, Yusni Emilia, memaparkan, beras jenis ini yang diimpor diantaranya adalah beras Basmati 1.500 ton untuk 51 importir, beras khusus diabetes 283 ton kepada 11 importir, beras Japonica 13.000 ton sebanyak 110 surat rekomendasi, serta beras Thai hom mali 22.900 ton kepada sekitar 130 importir. “Ini termasuk beras pecah 100 persen. Beras ketan pecah 100 persen. Benih padi hibrida dan beras ketan utuh. Yang paling besar itu beras ketan pecah 100 persen yang untuk industri sebanyak 194.558 ton,” ungkap Yusni ditemui usai diskusi di Jakarta, Sabtu (1/2/2014). Ia menambahkan, rekomendasi terbesar adalah untuk beras ketan pecah 100 persen. Beras jenis ini diolah sebagai bahan baku bihun. Kementan mengeluarkan rekomendasi ini atas rekomendasi atau perhitungan dan Kementerian Perindustrian. Menurutnya, jumlah importir yang diberikan rekomendasi memang banyak, lantaran tergantung dari jenis beras yang akan didatangkan. Rekomendasi dari Kementan keluar awal tahun 2013 usai pembahasan di pokja perberasan. Sementara itu, untuk rekomendasi 2014 ini, Kementan belum mengeluarkan izin. Ditanya mengenai ditemukannya beras jenis medium di Pasar Induk Beras Cipinang, Yusni menegaskan Kementan hanya memberikan rekomendasi.

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

29


Sorot

“Saya ingin katakan, yang dikategorikan medium itu tidak direkomen dari Kementan. Kami hanya rekomen beras yang khusus tadi,” tegas Yusni. Kementerian Pertanian (Kementan) menyatakan, masih harus mengeluarkan rekomendasi untuk mendatangkan beras-beras jenis premium karena jenis beras tersebut belum bisa diproduksi di dalam negeri. Dirjen PPHP Kementan, Yusni Emilia mengakui arah untuk memproduksi beras premium sedang diupayakan. Salah satunya adalah dengan pengembangan varietas unggul. “Tentu ke arah sana kita lakukan, varietas unggul kita kembangkan. Tapi untuk target swasembada pangan saja kita dibayangi pengembangan lahan sawah yang minim,” terang Yusni, di Jakarta, Sabtu (1/2/2014). Beras premium dimanfaatkan untuk segmen pasar kelas atas yang dijual di pasar modern, dikonsumsi asing, dan orang yang harus mengkonsumsi beras berkadar gula rendah.

Sebagaimana diketahui, muncul isu impor beras kelas medium dari Vietnam yang beredar di Pasar Induk Cipinang. Hal itu ditengarai akibat kesamaan kode harmonized system (HS) antara beras premium dan beras medium. Sementara itu, Bulog menyatakan bahwa Indonesia sudah memproduksi surplus. Yusni pun menjelaskan, sepanjang 2013 lalu Kementan hanya mengeluarkan rekomendasi importasi beras jenis premium. Sebanyak 417.000 ton beras khusus atau premium didatangkan dari luar negeri seperti Basmati, Japonica, Thai hom mali, dan juga beras khusus untuk penderita diabetes. “Ini termasuk beras pecah 100 persen. Beras ketan pecah 100 persen. Benih padi hibrida dan beras ketan

30

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

utuh. Yang paling besar itu beras ketan pecah 100 persen yang untuk industri sebanyak 194.558 ton,” sambungnya. Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Firman Soebagyo mengatakan, paradigma pemerintah dalam penyediaan beras premium harus diubah. Utamanya, kata dia, untuk konsumen asing, harus mau mengonsumsi beras yang diproduksi di dalam negeri. “Indonesia ini kan negara yang punya martabat, kenapa pemerintah memberikan keistimewaan. Konsekuensinya orang asing mau tinggal di Indonesia, harus mau makan beras Indonesia. Jadi paradigmanya yang diubah,” kata dia. Kementerian Perdagangan (Kementerian Perdagangan) menyatakan, telah mengantongi namanama tiga pelaku impor nakal, yang bermain-main mendatangkan beras medium asal Vietnam, yang seharusnya hanya bisa didatangkan oleh Perum Bulog. “Untuk importir kemungkinan masih nambah, tapi mengerucutnya jadi tiga,” tutur Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri, Kemendag, Bachrul Chairi, di kantornya Jakarta, Jumat (31/1/2014). Sebagaimana diketahui, salah seorang pedagang beras di Pasar Induk Beras Cipinang melaporkan kepada Hatta Rajasa dalam kunjungannya dua pekan lalu bahwa ada beras Vietnam medium. Usai laporan tersebut, sejumlah instansi seperti Kemendag, Kementerian Pertanian, serta Ditjen Bea dan Cukai, Kemekeu, melakukan penyelidikan. Bachrul mengatakan, penyelidikan dari Kemendag bakal dipublikasikan pada Senin (3/2/2014) mendatang. Jika terduga importir nakal itu terbukti bersalah, maka Kemendag akan mencabut izin impor mereka. “Dari perdagangan, izin langsung dicabut. Kalau yang lain kasih sanksi pidana silahkan. Tapi kewenangan kita administrasi,” terang Bachrul. Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi dalam kesempatan sama mengatakan, investigasi terkait kisruh beras impor Vietnam terus berjalan. Dalam waktu singkat, temuan Kemendag akan dipublikasikan. Sebelumnya, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menegaskan, Kemendag akan melakukan penelusuran siapa yang melanggar aturan importasi. “Kalau ketemu pelakunya yang melanggar, akan kita libar,” kata dia di Senayan Golf, Jumat pagi. Pemerintah harus melakukan penataan ulang kebijakan impor beras premium, terutama terkait pola pemasukan beras impor dan kepastian jenis beras yang diimpor. Hal itu dilakukan agar tidak muncul kembali kekisruhan impor beras.


SOROT

Menurut Ketua Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia Wilayah DKI Jakarta Nellys Soekidi, Rabu (5/2), di Jakarta, sumber beras premium impor sekarang tidak dari satu atau dua negara saja. Prinsip pedagang, di mana ada beras premium impor murah, akan dikejar, baik itu dari Jepang, Amerika Serikat, Thailand, maupun Vietnam. ”Yang penting, harga beras murah,” katanya. Karena sumber pemasukan beras impor dari sejumlah negara, kebijakan terkait kode HS harus dibuat secara transparan dan benar-benar dibedakan secara nyata. Kalau tidak, peluang terjadinya kekisruhan akan muncul kembali. Nellys mengatakan, kalau memang beras yang diimpor jenis Thai Hom Mali, harus jelas kode HSnya. Begitu pula dengan jenis beras Basmati ataupun Japonica. Yang penting juga, pola pemasukan beras impor premium harus diatur secara benar terkait dengan waktu pemasukannya. Jangan sampai beras impor masuk di tengah petani panen raya. Hal itu akan menekan harganya di tingkat petani. Konsumsi beras premium terus naik, produksi sangat bergantung pada iklim, karena itu masih diperlukan tambahan beras premium impor. Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi mengatakan, tantangan perberasan nasional ke depan adalah soal daya saing. Disparitas harga beras yang terlalu besar antara beras di pasar dunia dan beras lokal dapat mengganggu daya saing beras lokal. Guru Besar Sosial Ekonomi Industri Pertanian Universitas Gadjah Mada M Maksum mengatakan, pengawasan terhadap pemasukan beras impor harus dilakukan secara ketat agar tidak mengganggu daya saing beras petani sendiri. Apabila sampai terjadi penyimpangan oleh oknum yang seharusnya melakukan pemeriksaan, mereka harus diproses secara hukum karena hal itu dapat mengganggu kedaulatan pangan nasional. Di Surabaya, Jawa Timur, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim Budi Setiawan mengatakan, pasar Jatim dipastikan bebas dari beras impor kualitas medium karena produk lokal mengalami surplus. Gubernur Jatim pun sudah mengeluarkan peraturan tentang pelarangan beras impor masuk ke provinsi ini Pemerintah mengklaim tahun 2013 ini produksi beras nasional surplus hingga 5,4 juta ton. “Sekarang Bulog tidak impor tahun ini. Berarti surplus kita kira-kira 5,4 juta ton,” kata Suswono ditemui usai Rakor Pangan, di Jakarta, Rabu (18/12/2013). Melihat kondisi tersebut, Suswono optimistis tahun depan Indonesia juga tidak akan mendatangkan beras dari luar negeri. Ia berharap agar anggaran untuk Rencana Aksi Bukit Tinggi bisa disepakati. Ia memperkirakan jika Rencana Aksi Bukit Tinggi berjalan, maka surplus produksi beras akan mendekati target pemerintah sebesar 10 juta ton. Sementara itu, Kepala Perum Bulog, Soetarto Ali Moeso mengungkapkan, memasuki pekan ketiga Desember 2013, cadangan beras di gudang Bulog sekitar 2,1 juta ton. Meski demikian, ia tidak bisa memastikan apakah tahun depan Bulog tidak akan mengimpor beras, seperti tahun ini. “Tergantung pada produksi. Kalau tidak terjadi gejolak harga dan stok, kita tidak perlu impor,”

pungkasnya. Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah yang bergerak dalam bidang pangan masih menghadapi sejumlah tantangan dalam menggarap pasar domestik. Tantangan ini diyakini akan kian berat saat berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN pada akhir 2015.Demikian, antara lain, yang mengemuka dalam diskusi kelompok terarah membahas kesiapan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) pangan menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 di Jakarta, Senin (16/12/2013). Acara yang diselenggarakan oleh Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (Gapmmi) ini ditujukan untuk mengidentifikasi fakta dan permasalahan UMKM pangan Indonesia. Hal itu diperlukan untuk memberikan rekomendasi dan solusi bagi pemangku kebijakan dan pemangku kepentingan untuk mendukung UMKM dan meningkatkan daya saing produk. Wakil Ketua Umum Gapmmi Bidang Pembinaan UKM Betsy Monoarfa mengusulkan perlunya dibangun sentra bagi industri kecil dan menengah pangan. Keberadaan sentra tersebut diyakini akan memudahkan pembinaan dan mengefisienkan usaha UMKM dibandingkan jika mereka bekerja secara terpisah. ”Ujung-ujungnya, daya saing UMKM pangan akan meningkat,” ujar Betsy. Belasan pelaku UMKM yang mengikuti diskusi juga memberikan sejumlah masukan. Masukan tersebut antara lain perlunya pembinaan bagi UMKM yang berkelanjutan dan bukan hanya lokakarya sesaat. Bantuan nyata, seperti penyediaan kemasan secara massal, juga diharapkan UMKM untuk mengefisienkan biaya produksi sehingga pelaku UMKM tinggal memasang stiker untuk membedakan produknya. ”Kalau dibuat secara massal, pasti lebih murah,” kata Nia Aryawati, pelaku UMKM yang bergerak dalam bidang produksi minuman nabati. Direktur Standardisasi Produk Pangan Badan Pengawas Obat dan Makanan Tetty H Sihombing menuturkan, menjadi tantangan bagi pelaku usaha di dalam negeri untuk memenuhi standar. Posisi Indonesia di tengah negara-negara tetangga juga harus dicermati. ”Perdagangan kita terhadap Thailand tahun lalu minus 800 juta dollar AS. Sampai Juli tahun ini, minusnya 533 juta dollar AS. Saya heran karena dengan Laos pun kita minus di produk makanan olahan dan semi-olahan,” kata Ketua Umum Gapmmi Adhi S Lukman. Sementara itu, Sekretaris Jenderal Gapmmi Franky Sibarani menyatakan perlunya mendefinisikan industri rumah tangga, misalnya, sebagai industri yang produksinya melekat pada rumah tangga. ”Pendekatannya tentu akan beda dengan industri kecil yang punya ruang produksi tersendiri maupun dalam kluster,” ujar Franky. Menurut Franky, merupakan pekerjaan rumah semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan daya saing pelaku UMKM, antara lain melalui pendampingan. ”UMKM perlu didukung agar mereka dapat optimal menggarap potensi pasar dalam negeri,” kata Franky. Jadi kisruh beras impor ini terjadi karena terjadinya surplus produksi beras. Sehingga terjadinya impor beras bias merugikan para petani Indonesia sendiri. MJF

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

31


EKONOMI

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2013 Melamban Pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2013 menurun hingga 5,78 persen. Angka ini merupakan pertumbuhan terkecil dalam 4 tahun terakhir.

D

CRI/ANT/AEN

Foto: istimewa

emikian diumumkan Badan Pusat Stastistik Indonesia. Para analis berpendapat, penyebab penurunan karena tingkat konsumsi yang berkurang dan kebanyakan harga barang menurun. Statisik menunjukkan, ekspor Indonesia 2013 meningkat 5,3 persen, konsumsi keluarga meningkat 5,28 persen, anggaran belanja meningkat 4,87 persen. Penanggung jawab Badan Pusat Statistik Indonesia Suryamin dalam jumpa pers mengatakan, pertumbuhan 5,78 persen disebabkan resesi ekonomi global. Sementara itu Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo memperkirakan pertumbuhan ekonomi 2014 akan cenderung bias ke batas bawah perkiraan Bank Indonesia sebelumnya 5,8--6,2 persen seiring dengan perbaikan ekonomi global. “Pada tahun 2014, pertumbuhan ekonomi diperkirakan akan lebih baik, mendekati batas bawah kisaran 5,8--6,2 persen sejalan perbaikan ekonomi global di tengah berlanjutnya proses konsolidasi ekonomi domestik mengarah ke kondisi yang lebih seimbang,” ujar Agus saat jumpa pers di Jakarta, Kamis. Agus menuturkan, perekonomian Indonesia 2013 menghadapi tantangan yang tidak ringan akibat dampak perlambatan pertumbuhan ekonomi global. Perekonomian negara-negara maju melambat dan diikuti koreksi pertumbuhan ekonomi negara-negara emerging markets.

Pertumbuhan ekonomi global yang melambat pada gilirannya mendorong menurunnya harga komoditas dunia. Selain itu, ketidakpastian keuangan global juga meningkat tajam sejalan dengan sentimen negatif terhadap rencana pengurangan stimulus moneter (tapering off) di AS. Perkembangan terkini menunjukkan membaiknya kondisi ekonomi global dimotori oleh AS dan Jepang, serta indikasi pemulihan ekonomi di kawasan Eropa, China dan India. “Perbaikan ini diperkirakan dapat berlanjut pada tahun 2014 sehingga dapat menopang ekonomi Indonesia ke depan, baik dari jalur perdagangan maupun jalur finansial,” kata Agus. Namun Agus mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia yang diperkirakan bias ke bawah tidak berarti akan mengalami penurunan. Ia melihat pertumbuhan ekonomi di kisaran enam persen masih bisa dicapai. “Bias ke bawah bukan berarti tidak bisa kembali ke kisaran enam persen, masih bisa kembali ke mid target,” ujar Agus. Agus menambahkan, ekonomi global yang menurun dan keperluan untuk stabilisasi perekonomian nasional memang akan berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi Indonesia. Perekonomian Indonesia tahun 2013 diprakirakan tumbuh sebesar 5,7 persen, melambat bila dibandingkan dengan pertumbuhan tahun 2012 sebesar 6,2 persen. Penurunan pertumbuhan ekonomi 2013 tercatat pada terbatasnya pertumbuhan ekspor riil akibat melambatnya ekonomi global.

32

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014


ilustrasi: istimewa

EKONOMI

Harga Minyak Capai Tertinggi Tahun Ini Harga minyak menguat tajam pada Jumat (Sabtu pagi WIB), karena pasar mengabaikan laporan data pekerjaan AS yang mengecewakan namun mendapatkan rincian positif dalam laporan yang menunjukkan pertumbuhan ekonomi moderat.

K

ontrak berjangka AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate untuk pengiriman Maret, melompat 2,04 dolar AS atau 2,1 persen menjadi ditutup pada 99,88 dolar AS per barel di New York Mercantile Exchange. Minyak mentah Brent North Sea untuk Maret naik 2,69 dolar AS atau 2,5 persen menjadi 109,57 dolar AS per barel di London Intercontinental Exchange. Kedua kontrak berjangka ditutup pada tingkat tertinggi mereka sepanjang tahun ini. Pada pagi hari, kontrak AS berhasil menyeberang di atas tingkat psikologis 100 dolar AS.

Reli itu terjadi setelah Departemen Tenaga Kerja AS, untuk kedua bulan berturut-turut, melaporkan angka pertumbuhan pekerjaan mengecewakan untuk konsumen minyak mentah terbesar di dunia itu. Ekonomi AS hanya menambahkan 113.000 pekerjaan pada Januari, setelah menambah 75.000 pekerjaan pada Desember, menurut survei dunia usaha departemen. Itu jauh di bawah ekspektasi para analis 175.000 pekerjaan. Tetapi survei rumah tangga yang terpisah menunjukkan tingkat pengangguran turun untuk bulan ketiga berturut-turut, menjadi 6,6 persen dari 6,7 persen pada Desember, didorong turun oleh pertumbuhan lapangan kerja 638.000. Dan tingkat partisipasi angkatan kerja meningkat, meskipun masih berada pada tingkat rendah secara historis, menjadi 63,0 persen. Pasar minyak dan ekuitas naik tajam karena investor mencerna data pekerjaan. “Laporan pekerjaan hari ini memberikan baik dorongan maupun keputusasaan. Data jatuh tepat menampar di tengah-tengah tren pemulihan yang lambat karena pendapatan tenaga kerja relatif datar,� kata David Kotok dari Cumberland Advisors. Kotok mengatakan tren pertumbuhan lambat berarti Federal Reserve akan melanjutkan pemangkasan perlahanlahan stimulus besar-besarannya yang dimulai pada Januari. “Pertumbuhan lemah dalam data penggajian (payroll) dua bulan terakhir ini bukan awal tren lebih lemah baru. Kami perkirakan kenaikan payroll mengalami percepatan kembali suatu waktu dalam beberapa bulan berikutnya. Ekonomi masih bergerak maju,� kata FT Advisors dalam sebuah catatan penelitian sebagaimana dikutip AFP. ASN

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

33


PROPERTY

Pemerintah Acuh atas Keluhan Konsumen Properti LSM Indonesia Property Watch meminta Kementerian Perumahan Rakyat tidak menutup mata dan agar mencermati berbagai keluhan konsumen properti yang saat ini masih dinilai dalam posisi lemah dalam aspek perlindungan konsumen di Indonesia.

“K

Foto: istimewa

emenpera untuk tidak diam melihat banyaknya permasalahan konsumen properti yang ada saat ini,” kata Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch Ali Tranghanda dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (7/2).

34

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

Menurut Ali, berdasarkan pengamatan yang dilakukan terhadap keluhan para konsumen properti, sejumlah permasalahan yang kerap timbul antara lain keterlambatan serah terima dan spesifikasi yang tidak sesuai dengan yang dijanjikan. Selain itu, ujar dia, persoalan lainnya mencakup keterlambatan sertifikasi dan permasalahan terkait perhimpunan penghuni di rumah susun/apartemen. Namun demikian, lanjutnya, tidak semua dapat dikategorikan karena pengembang seperti berkaitan dengan sertifikat dan IMB (Izin Mendirikan Bangunan) yang terlambat boleh jadi permasalahan terkait dengan lamanya pengurusan di BPN (Badan Pertanahan Nasional) atau Tata Kota. “Pengembang dapat dikatakan nakal bila ada niat mengakali konsumen dengan merubah atau mengganti apa yang telah disepakati bersama. Sebagai contoh banyaknya bangunan yang telah jadi namun tidak sesuai dengan spesifikasi bangunan yang ada,” kata Ali. Direktur Eksekutif Indonesia Property Watch mengemukakan, hal itu karena ketidaktahuan konsumen mengenai bahan-bahan bangunan yang ada, dan itu tidak hanya terjadi di proyek properti menengah bawah, tetapi juga proyek menengah atas. Ia menyoroti bahwa sebagian besar keluhan konsumen tidak mendapatkan respons yang memadai sehingga pemerintah melalui Kemenpera diminta untuk dapat membuat forum antara berbagai pemangku kepentingan properti guna menyelesaikan masalah. “Forum ini bisa menjadi wadah arbitrase untuk kemudian bersama-sama menyusun mekanisme untuk mengeluarkan ‘black list’ pengembang sesuai kesepakatan semua pihak,” katanya. Ali juga mengungkapkan bahwa saat ini Indonesia Property Watch telah membuka email pengaduan konsumenproperti@yahoo.co.id di mana telah diterima 25 email dengan beragam permasalahan mulai dari yang biasa sampai yang komplek. Sebelumnya, Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz membuka pengaduan langsung bagi warga yang ingin mengadukan permasalahan terkait sektor perumahan langsung ke nomor kontak pribadi Menpera. “Silakan hubungi nomor saya di 0811995850 bagi siapa saja yang ingin menyampaikan masalah serta ingin mengetahui mengenai pelaksanaan program perumahan oleh Kementerian Perumahan Rakyat,” ujarnya dalam acara Pembahasan Usulan Program Pengembangan Kawasan di Jakarta, Rabu (5/2). Dengan demikian, lanjutnya, berbagai pihak di berbagai daerah diharapkan dapat menyampaikan pengaduan secara langsung agar pengawasan di lapangan juga dapat terpantau dengan lebih baik. Ia menegaskan bahwa dengan semakin terbukanya partisipasi aktif dari seluruh lapisan masyarakat juga bakal membuat terwujudnya kualitas hunian yang lebih baik bagi masyarakat di seluruh Indonesia. ASN


PROPERTY

Iklan Layanan Masyarakat ini dipersembahkan oleh ASATUNEWS.COM untuk mencari Presiden Indonesia. ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

35


Sosok

María Gabriela Isler

Miss Universe Ternyata Suka Cendol dan Bakpia Miss Universe 2013 María Gabriela Isler menyebut cendol dan bakpia sebagai makanan Indonesia kesukaannya.

“M

akanan favorit saya cendol dan bakpia cokelat,” katanya di Graha Mustika Jakarta. Perempuan yang akrab dipanggil Molly itu mengaku telah mencicipi beragam makanan khas daerah selama mengunjungi Jakarta, Bogor, Yogyakarta dan Surabaya. Gadis asal Venezuela itu mengaku mendapat banyak pengalaman baru yang menarik sejak tiba di Indonesia 27 Januari lalu. “Setiap hari saya selalu menemukan hal yang berbeda, mulai dari makanan, tradisi, sampai kostum,” jelas Molly, yang mengaku mengagumi keragaman budaya dan etnis Indonesia. Hari ini adalah hari terakhir Molly di Indonesia. Malam nanti dia akan bertolak ke Amsterdam, Belanda.

Foto: istimewa

Husni Fahruddin

36

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014


Sosok

Elvira Devinamira

Puteri Indonesia 2014 Asli Arek Suroboyo aat namanya diumumkan sebagai Puteri Indonesia 2014 dalam Malam Puncak Grand Final Puteri Indonesia 2014 yang digelar di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Rabu (29/1) malam Elvira tampil memukau dengan jawaban yang lugas atas pertanyaan tentang pentingnya kerjasama antar negara. Ia menjawab dengan lugas betapa penting dan saling menguntungkannya jika Indonesia menjalin kerjasama dengan negara-negara lain, baik secara ekonomi, politik maupun budaya. Puteri Indonesia 2014 akhirnya disandang Elvira Devinamira. Perwakilan Jawa Timur ini berhak memakai mahkota yang diidamkannya. Elvira Devinamira Lahir di Surabaya 28 Juni 1993, memang menawan tingginya saja 175 sentimeter, ia suka berolahraga, travelling dan bermain piano. Saat jawabannya ini dianggap paling terbaik diantara tiga besar Puteri Indonesia 2014. Penampilan terakhir di ajang ini, membawa Elvira lebih unggul dari Elfin Pertiwi perwakilan Sumatera Selatan dan Estelita Liana perwakilan Daerah Istiewa Yogyakarta. Elfin dinobatkan sebagai Runner Up 1 serta Puteri Indonesia Lingkungan dan Miss International. Sementara Estelita menjadi Runner Up 2, Puteri Indonesia Pariwisata dan Miss Supranational.Elvira berhasil mengalahkan 37 finalis Puteri Indonesia lain yang mewakili tiap provinsi di Indonesia. Dari 38 finalis, mereka disaring lagi menjadi sepuluh besar yang meliputi perwakilan dari Sumatera Selatan, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, DKI Jakarta 2, Jawa Timur, Jambi, Papua, DKI Jakarta 5, Gorontalo dan Sumatera Barat. Sepuluh finalis yang masuk di sepuluh

Yessy Gusman Tak Mau Menjadi Dzalim

I

a adalah Bintang film era tahun 1980-an. Nama Yessy Gusman begitu kuat melekat, ini ia menjadi calon anggota legislatif (caleg) dari PDI Perjuangan karena ingin berbuat sesuatu di DPR RI. “Pada saat saya akan mendafar jadi bacaleg, beberapa teman mengingatkan untuk hati-hati masuk sarang macan,” kata Yessy Gusman pada sebuah diskusi di Gedung MPR/ DPR/DPD RI, Jakarta, Menurut Yessy Gusman, sebelum memutuskan mendaftarkan diri sebagai bacaleg di PDI Perjuangan, dirinya memang berkonsultasi dengan keluarga dan beberapa temannya. Foto: istimewa Pemeran utama film “Gita Cinta dari SMA” pada 1979 menambahkan, putra sulungnya mempertanyakan niatnya untuk menjadi bacaleg karena akan menjadi sibuk lagi, tapi anak keduanya justru mendorong dia menjadi anggota legislatif.

Foto: istimewa

S

besar calon Puteri Indonesia 2014 adalah perwakilan dari Sumatera Selatan, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, DKI Jakarta 2, Jawa Timur, Jambi, Papua, DKI Jakarta 5, Gorontalo dan Sumatera Barat. Kesepuluh finalis pun dikerucutkan menjadi lima orang, yaitu Rakhmi Wijiharti dari Jawa Tengah, Noorzabilla Bambang S dari DKI Jakarta 2, Estelita Liana dari Daerah Istimewa Yogyakarta, Elvira Devinamira Wirayanti dari Jawa Timur dan Elfin Pertiwi dari Sumatera Selatan. Dari lima besar, terpilihlah perwakilan dari Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur dan Sumatera Selatan yang memperebutkan gelar Puteri Indonesia 2014 dan mengikuti Miss Universe 2014, Puteri Indonesia Lingkungan dan mewakili ajang Miss International 2014 untuk Runner Up I dan Puteri Indonesia Pariwisata dan mewakili ajang Miss Supranational untuk Runner Up II. ASN Ada kata-kata anaknya tersebut yang selalu diingat Yessy, “Kalau kita tahu sesuatu tapi kita tidak melakukan sesuatu, maka kita menjadi zalim,” katanya. Perempuan kelahiran Jakarta, pada 21 Juli 1962 ini menyadari pertarungan menuju ke DPR RI sangat keras, demikian juga jika terpilih menjadi anggota DPR RI maka pertarungan antar-fraksi di DPR RI cukup keras. “Untuk menjadi anggota DPR RI, saya akan berusaha meyakinkan masyarakat dengan hati nurani bukan melalui pendekatan uang. Saya ingin mendidik masyarakat memiliki pola pikir yang didasarkan pada hati nurani,” katanya. Yessy menambahkan, jika dirinya kelak terpilih menjadi anggota DPR RI, ia akan memperjuangkan aspirasi masyarakat dengan pendekatan hati nurani, dan sebaliknya jika tidak terpilih hal itu adalah risiko pilihan, tapi dia tidak merusak masyarakat dengan pendekatan uang. Yessy Gusman menjadi caleg PDI Perjuangan untuk DPR RI. Semoga! ASN

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

37


Dialog

Imelda Adhisaputra

Tak Ada Ambisi Politik Ia adalah perempuan yang penuh pesona, ia bertugas dalam sebuah bisnis besar yaitu di Saratoga Capital dimana ia bertugas dengan soal pelaporan langsung ke Mitra Pendiri. Bertanggung jawab untuk semua hal maklum Director of Environmental, Social and Governance (ESG) di Saratoga ini harus menyiapkan perusahaan menjadikan standarisasi kelas dunia.

38

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014


Dialog

Foto: istimewa

Imelda

juga sempat menjadi Director Corporate Affairs Intel Corporation. Saat ini ia Bertanggung jawab untuk mengembangkan dan mengendarai agenda Corporate Affairs Group dan bekerja sama dengan negara Sales & Marketing Group (SMG) serta mengembangkan rencana strategis untuk keterlibatan pemerintah dalam hal dengan kebijakan dan pertumbuhan pasar. Ini akan mencakup membangun hubungan strategis dengan pemangku kepentingan eksternal kunci dalam Pemerintah dan Parlemen, Pendidikan dan CSR serta industri lokal dan mitra. Ia juga bertanggungjawab juga membutuhkan untuk dapat mempertahankan hubungan yang baik dan sehat dengan berbagai kantor pemerintah dan kementerian, serta asosiasi profesi dan lembaga internasional. Sempat juga di sebuah lembaga migas yaitu di Indika Energy. Baginya mengemban tugas untuk memperbaiki kinerja perusahaan tak pernah semua atas bekal pengalamannya. Perempuan lulusan Master Tufts University MSc., Civil and Environmental Engineering tahun 1994 – 1995 dan Seattle University BSc, Environmental Engineering tahun 1990 – 1993 memang berparas menawan tegas, cantik, cerdas dan enak diajak bicara seperti juga para eksekutif lainnya dia nampaknya kini masuk perempuan karier papan atas. Berikut adalah sosok Imelda yang berhasii diwawancarai Aendra Medita dari ASATUNEWS.com bicara mulai karir perempuan dan juga soal hobinya namun tak mau disebut iku berpolitik.

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

39


Dialog

Apa aktivitasmu kini? Saat ini saya memimpin divisi Environmental, Social and Governance dan Enterprise Risk Management di Saratoga Capital, sebuah Private Equity yang cukup besar di Indonesia. Apa tugasnya Environmental, Social and Governance dan Enterprise Risk Management itu? Tugas saya adalah memonitor semua perusahaan-perusahaan yang ada di bawah Saratoga Capital dan memastikan mereka mematuhi semua peraturan-peraturan yang berlaku juga memantau resiko-resiko yang ada dan bagaimana meng antisipasi semua issue-issue yang berkembang di masingmasing perusahaan tersebut. Bekerja sebagai wanita karier bagaimana mengasyikan atau bisa ceritakan suka dukanya? Tidak gampang bagi seorang wanita untuk menduduki posisi puncak di sebuah perusahaan. Sebagai perempuan yang menduduki posisi yang cukup tinggi dan membawahi banyak anak buah di berbagai perusahaan, saya di harapkan untuk bertindak tegas tapi juga lugas dalam menentukan keputusan. Kedewasaan, keluwesan dan jam terbang yang tinggi memang menjadi kunci utama bagi seorang wanita dalam mencapai posisi puncak. Masalah gender masih merupakan masalah utama yang ada baik di Indonesia maupun di negaranegara lain. Oleh karena itu dibutuhkan effort dan kedewasaan yang lebih bagi kami kaum perempuan dalam menyikapi pandangan-pandangan yang tidak pro terhadap pemimpin perempuan karena masih banyak pandangan dari masayarakat umumnya bahwa perempuan tidak stabil secara emosional maupun terlalu sensitif dalam pola memimpinnya walaupun sensitifitas dan intuisi pemimpin perempuan sebenarnya dapat menjadikan efek yang menguntungkan dalam menentukan sebuah keputusan padahal sebenarnya perempuan cenderung mempunyai intuisi yang lebih baik dari para lelaki.

Foto: istimewa

Banyak kasus kekerasan terhadap para perempuan bagaimana pandangan Anda? Saya seseorang yang menganut paham bahwa perempuan harus bisa mengatakan TIDAK terhadap apapun yang tidak sesuai dengan hati nuraninya dan berani untuk mengutarakan pendapatnya. Perempuan harus dibiasakan dan di didik untuk mempunyai prinsip bahwa perempuan bukan makhluk lemah dan mampu duduk setara dengan kaum laki-laki dalam segala hal. Laki-laki Perempuan Setara Kebiasaan perempuan Indonesia mempunya sifat “nerimo� sehingga walaupun mendapatkan perlakuan yang tidak baik terutama dari pasangan atau suami lebih banyak diam. Hal ini lah yang perlu di ubah dan ini harus di mulai sejak anak-anak. Apa kira-kira cara meminimalisir kekerasan terhadap perempuan? Sebagian sudah terjawab di statement saya di atas. Bahwasanya dibutuhkan gerakan nasional yang mengedukasi sejak dini bahwa perempuan itu mampu dan mempunyai posisi yang setara dengan kaum pria baik dalam karier maupun pendidikan dan pekerjaan. Namun tidak berarti bahwa perempuan

40

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014


Foto: istimewa

Dialog

tidak menghormati pria, terutama dalam kehidupan perkawinan dimana tanggung jawab dan nakhkoda itu tetap dipegang seorang suami.

lingkungan saya berada. Saya selalu berpendapat bahwa apapun yang saya lakukan harus memberikan dampak positif baik itu di lingkungan keluarga maupun pekerjaan

Perempuan agar bisa mandiri harus seperti apa? Membekali diri dengan pengetahuan, memiliki kepercayaan diri yang tinggi bahwa apapun yang akan dilakukan bisa berhasil dan berani mengambil resiko untuk tidak bergantung kepada orang lain, siapapun dia.

Siapa tokoh yang dikagumi? Tidak ada, karena saya percaya bahwa setiap orang dilahirkan dengan talenta masing-masing dan saya bukan orang yang biasa mengkultuskan seseorang selain Tuhan Yang Maha Esa.

Apa hobi Anda? Berkuda dan ski.

Apa keinginan yang belum tercapai? Saat ini saya cukup puas dengan keberhasilan yang telah saya capai secara karir maupun secara pribadi. Namun demikian saya ingin lebih bisa berkontribusi untuk bisa membangun Indonesia lebih baik berdasarkan dengan pengetahuan dan pengalaman yang saya miliki. Catatan: bukan berarti saya mempunyai ambisi untuk masuk ke pemerintahan atau partai politik.

Hidup bagi Anda apa? Hidup bagi saya adalah sebuah perjalanan yang harus dijalani dengan penuh tanggung jawab karena apapun yang saya lakukan akan berdampak baik terhadap orang-orang di sekitar saya maupun

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

41


Foto: istimewa

KESEHATAN

Ahli Kesehatan Serukan Tidak Merokok dalam Mobil Sekitar 700 dokter, perawat, dan ahli kesehatan lainnya di Inggris telah meminta pemerintah untuk memberlakukan larangan merokok di mobil yang membawa anak-anak.

D

alam sebuah surat kepada British Medical Journal, para ahli mengatakan, pernapasan perokok pasif adalah “penyebab utama sakit pada anak-anak”, merusak paru-paru dan menyebabkan kematian bayi secara mendadak. Seperti dilaporkan Telegraph, mereka keberatan dengan revisi undang-undang yang mereka sebut memberikan “hak kepada orang dewasa untuk memaksa anak-anak agar menghirup asap rokok”.

42

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

Pemerintah akan melakukan pemungutan suara terkait isu tersebut pada awal pekan depan. Robert Goodwill selaku menteri transportasi Inggris menyatakan kepada anggota parlemen bahwa ia akan mendukung larangan merokok di dalam mobil yang membawa anak-anak. Namun, pelobi merokok melakukan serangan balik. “Ada garis di mana negara tidak boleh mendikte cara orang harus berperilaku di tempat pribadi,” kata Simon Clark dari lembaga pelobi, Forest. “Kami mendesak anggota parlemen untuk menolak intrusi yang tidak penting ini ke dalam kehidupan pribadi orang, dan percayalah orang tua akan membuat keputusan yang tepat untuk anak-anaknya tanpa membutuhkan intervensi negara,” tambahnya. ASN


TEKNOLOGI

Foto: istimewa

Prototipe SteamVR Dipamerkan di Dev Days

Ada perbincangan yang timbul karena rangkaian kegiatan yang diadakan Valve mengenai dunia virtual reality (atau VR), yakni SteamVR. Sistem ini sedang berada di tahap beta sebelum Steam Dev Days dimulai, dan sudah berfungsi dalam mode Steam Big Picture dengan alat Oculus Rift, demikian Slashgear (16/1).

S

alah satu orang yang pertama kali mendapat kesempatan menguji prototipe SteamVR ini adalah pengembang game Garry Newman yang berjasa menciptakan toolset Garry’s Mod yang mempermudah pengerjaan untuk Source Engine dariValve Software. “Virtual reality adalah sesuatu yang luar biasa. Sehabis mencoba rift (Oculus Rift, red.) selama beberapa hari dan sesekali mengeluarkannya untuk membuat keluarga dan teman takjub, alat ini tidak pernah lama

keluar dari kotak. Saya merasa sangat mual. Valve akhirnya menunjukkan kepada saya alat VR mereka (saya rasa keberadaan alat ini bukan suatu rahasia, ada di Twitter, dan muncul di daftar Dev Days Session, dan mungkin akan diumumkan pagi ini). Entah mengapa saya tidak merasa mual. Saya sudah menggunakannya selama 20 menit.” “Salah satu demo yang ditampilkan adalah pemain terbang mengelilingi dunia.. dan dugaan saya adalah ini akan membuat saya merasa mual (karena gerakan yang terlihat di mata tidak sesuai dengan yang terasa di badan).. tetapi entah mengapa saya tidak (mual). Ini merupakan pengalaman seakan benar-benar terjun ke dalam game”, ucap Gary Newman. Saat ini belum ada penampakan langsung dari hardware ini, tapi ini bukanlah sesuatu yang penting. Sebagaimana Xbox One atau PlayStation 4 Anda ada di bawah TV dan Anda hanya berinteraksi dengan lampu LED didalamnya, begitu pula penampilan luar mesin SteamVR tidak penting. Mengenai masalah harga, berdasarkan strategi Valve dengan Steam Machine, kami akan kaget jika mereka memilih untuk memanufaktur headset ini sendiri. Bahkan Steam Controller mereka sedang dipertimbangkan untuk bekerjasama dengan pencipta 3rd party, tunggu dan saksikan! ASN

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

43


Foto: istimewa

SENI

Komitmen 3 Sahabat Menjomblo Dalam film komedi ‘‘That Awkward Moment,’’ Zac Efron, Miles Teller dan Michael B. Jordan berperan sebagai tiga sahabat Jason, Daniel and Mikey. Ketiganya berjanji akan terus membujang setelah Mikey putus dengan pacarnya. Meskipun telah bertemu idaman hati yang baru, mereka harus berjuang untuk menepati janji.

44

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014


Foto: istimewa

SENI

dari hidupnya sendiri. Menurut Zac Efron selalu ada kesempatan untuk pertama kali. Bagi Michael B Jordan film “That Awkward Moment” membawa perubahan baginya, mengingat film ini adalah film komedi pertamanya. Tapi Jordan menikmati perannya dalam film komedi seperti udara segar dalam karir aktingnya. Bukan hanya Jordan yang berpindah jalur film. Zac Efron juga merambah berbagai jenis film setelah terkenal dalam film musikal Disney “High School Musical, kemudian film komedi “17 Again,” animasi “The Lorax,” dan film mencekam “The Paperboy.” Film “That Awkward Moment” di Amerika hingga kini masih diputar sejak akhir pekan. ASN

Foto: istimewa

K

ecocokan di depan kamera penting untuk kesuksesan peran. Penulis naskah dan sutradara film ini Tom Gormican, beruntung tidak menemukan kesulitan karena ketiga bintangnya langsung cocok berperan sebagai sahabat. Michael B. Jordan mengakui pentingnya kecocokan antara pemeran. Zac Efron mengatakan yang menarik dari film garapan Tom ini, adalah kisah anak-anak muda jaman sekarang sehingga ia langsung memahami tokoh-tokoh di dalamnya. Zac menambahkan sebagian hidupnya mirip seperti pemeran Jason yang punya sahabat tempatnya bergantung sehingga ia menganggap film ini sangat otentik. Film ini merupakan film pertama garapan sutradara Gormican yang mendasarkan cerita film ini

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

45


Foto: istimewa

teknologi

Baca Kartu Nama dengan Smart Phone Banyak orang yang mempermasalahkan keberadaan kartu nama yang digunakan untuk memberikan detail mengenai orang tersebut, tapi kartu nama adalah barang yang masih akan ada untuk waktu yang cukup lama.

K

etimbang menjadikannya masalah, sekelompok orang di TouchBase menemukan metode mudah untuk membuat kartu nama menjadi ‘cerdas’. Caranya sederhana, untuk mengakses info tentang seseorang, Anda cukup menempelkan kartu namanya pada layar smartphone Anda, hal ini dilansir laman Gizmodo pada (05/2) lalu. Mungkin Anda akan berasumsi jika teknologi ini dimungkinkan melalui NFC atau RFID nirkabel sehingga kemampuan ini hanya terbatas pada smartphone tertentu saja, namun asumsi Anda salah.

46

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

Adalah kartu TouchBase, yang jika dipegang akan seperti kartu nama lainnya, yang diberikan pola khas dengan tinta konduktif yang menirukan sentuhan multitouch pada layar smartphone. Kartu ini bisa dibaca dengan aplikasi online tanpa mengharuskan Anda mengunduhnya di gadget Anda. Saat ini aplikasi online yang ada hanya cocok dengan iPhone, dan akan disusul di gadget lainnya. Kemudian perlu diingat bahwa kartu nama keluaran TouchBase yang bisa dibaca dengan aplikasi online ini. TouchBase sendiri pertama kali menawarkan layanan mereka via website crowdfunding Indiegogo dan membutuhkan hingga $30.000 agar bisa berjalan. Namun Anda perlu ingat bahwa meski teknologi yang dihadirkan tentu akan memperpanjang masa keberadaan kartu nama, kartu ini memiliki harga yang relatif mahal. Satu set awal bisa Anda beli untuk mendapatkan 36 kartu nama seharga $25. Memang semakin banyak kartu yang Anda beli maka harganya akan semakin murah akan tetapi harga kartu nama ini akan tetap lebih mahal dibandingkan kartu nama biasa. Dan meminta orang untuk mengakses sebuah situs di dunia maya untuk mengakses data Anda terkesan tidak praktis. Meski begitu penggunaan tinta konduktif untuk layar sentuh merupakan pendekatan yang menarik untuk memperpanjang penggunaan kartu nama hingga satu atau lebih dasawarsa mendatang. RIZ/AEN


teknologi

Spons Medis Bisa Sumbat Luka Tembakan Dalam 15 Detik

Foto: istimewa

Bagaimana cara menutup luka tembakan dengan cepat agar darah yang mengucur bisa ditahan sebelum korban kekurangan darah terlalu banyak?

S

Science: “Akhirnya diputuskan bahwa spons yang akan digunakan berasal dari bubur kayu yang dilapisi kitosan, bahan penyumbat darah sekaligus antimikroba yang berasal dari kulit udang. Untuk menjamin tidak ada spons yang tertinggal secara tidak sengaja di dalam badan, ditambahkan lambang X agar setiap spons terlihat apabila terpampang sinar x. Spons ini bekerja dengan cepat: dalam 15 detik mereka akan mengembang untuk mengisi ruang di luka dan memberikan penekanan yang cukup untuk menghentikan pendarahan hebat. Dan karena spons ini menempel pada permukaan lembab, mereka tidak akan terdorong keluar karena kucuran darah�. Spons sendiri disuntikkan ke dalam luka dengan menggunakan suntikan agar bisa mencapai arteri yang terluka secepat mungkin. RevMedX sendiri telah menerima US$5 juta untuk mengembangkan Xstat dan saat ini mereka sedang mengusahakan izin dari FDA. Militer AS tentu menyatakan minat mereka dengan teknologi ini, tapi bukan hal yang mustahil jika alat ini akan dijual untuk umum. RIZ/GM/AEN

Foto: istimewa

ebuah kelompok yang terdiri dari veteran perang, ilmuwan dan insinyur di Oregon, Amerika Utara punya jawabannya. Kini mereka telah mengembangkan alat yang menggunakan spons medis berukuran kecil dalam jumlah banyak untuk menghentikan pendarahan dari luka tembakan dalam 15 detik, demikian dilansir Gizmodo (05/2). Pendarahan merupakan penyebab utama kematian di medan perang. Saat seorang prajurit tertembak, tim medik biasanya menggunakan kain kasa untuk menghentikan pendarahan. Namun kesulitan dialami ketika harus memberikan tekanan secara langsung pada luka tembakan yang kedalamannya mencapai beberapa inci. Turniket untuk menghentikan pendarahan dari lengan atau kaki tidak bisa digunakan untuk luka di pinggang ataupun bahu. Dengan menggunakan spons kecil keluaran XStat, yang merupakan hasil riset perusahaan RevMedX yang bertempat di Oregon, maka luka akan tersumbat oleh spons yang akan mengembang dan menutup luka manapun di badan. Cara kerja spons ini pun dijelaskan oleh Popular

SEBELUM

SESUDAH ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

47


DUNIA

Clinton Selingkuh di Kamar Sebelah Elizabeth Hurley

D

alam pemberitaan itu, Clinton bukan hanya berselingkuh, tapi juga melakukan hubungan layaknya suami-istri. Bahkan, untuk bertemu, Clinton yang menyebut sebagai presiden AS dan pengendali dunia sengaja menerbangkan pesawat khusus untuk menjemput Hurley. Elizabeth Hurley -- salah satu aktris terkenal Inggris itu -- diterbangkan khusus ke Washington untuk meladeni seks Clinton. Berita ini tentu memperpanjang tabiat seks Clinton. Sebab, waktu masih menjabat presiden, suami dari Hillary Clinton itu pernah bikin heboh dunia karena affairnya dengan sekretaris pribadinya, Monica Lewinsky. Dalam dokumen yang dilansir sejumlah media, Clinton dan Hurley ternyata berhubungan seks di dalam sebuah gedung di mana Hillary sebenarnya hanya berada di kamar sebelah. Nekad...! Klaim mengejutkan ini datang setelah rekaman mantan pacar aktris Inggris itu, Tom Sizemore ditemukan dan menggambarkan bagaimana dia mengatur Hurley, 48, bertemu Clinton setelah nonton secara privat film Saving Private Ryan di Gedung Putih pada tahun 1998. Kemudian Presiden Clinton mengatakan “Elizabeth, ini adalah Commander-in -Chief Anda. Aku akan mengirim pesawat untuk menjemput Anda dalam tiga jam . Apakah cukup waktu? “ Beberapa jam kemudian dia dikatakan telah tiba di Gedung Putih di mana Clinton yang kharismatik memberinya tur pribadi sebelum menunjukkan kamar tidur Lincoln-nya yang megah. Menurut kabar pertemuan itu diatur setelah Clinton menanyakan Sizemore,52, apakah ia masih berhubungan dengan mantan pacarnya . Ketika dijawab, tidak lagi, Clinton pun langsung menanyakan telepon Hurley. “Kau punya nomor teleponnya kan? “ Aktor Sizemore yang beberapa kali muncul dalam film Steven Spielberg , mengatakan ya . “Dia kemudian mengambil telepon keluar dan pergi ‘Berikan padaku?’ jelas Sizemore. Dalam rekaman audio yang diperoleh oleh situs

48

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

Foto: istimewa

London. Mantan Presiden AS, Bill Clinton kembali jadi pemberitaan panas dunia, khususnya di Amerika dan Inggris. Media di dua negara Barat itu beberapa hari ini ramai memberitakan tentang perselingkuhan Clinton dan aktris Inggris Elizabeth Hurley. web AS, aktor ini mengatakan ia pertama mungkin harus bertanya kepada Hurley dulu, sebelum bisa memberikan nomor teleponnya. Clinton menjawab “ Kamu bodoh ****** . Aku Coomander-in-Chief Amerika Serikat . rekaman berhenti di sini. Berikan saya nomor sialan itu. “ Ketika dia menelepon , dia pada awalnya muncul malu-malu tapi Clinton terpesona dia berkata : “ Dengar Elizabeth , ini adalah Presiden saya tidak punya waktu untuk **** ini aku menjaga dunia dari perang nuklir setiap waktu . aku akan mengirim pesawat untuk menjemput Anda “. Sizemore mengklaim itu adalah malam pertama mereka, politisi dan aktris tidur bersama . Aktor ini menggambarkan Clinton sebagai “ Pria dengan tinggi enam kaki, 4 inchi dengan karisma 1.000 kali Brad Pitts”. Ini adalah awal dari urusan tahun panjang mereka. Clinton,67, dan Hilary ,6 , memiliki kamar tidur terpisah di Gedung Putih. Hurley tidak merahasiakan ketertarikannya kepada Clinton . Dia pernah mengaku bahwa ia memiliki jimat rahasia untuk politisi kuat itu. Bintang ‘ Austin Powers ‘ telah mengaku bahwa dia nafsu setelah para pemimpin dunia termasuk mantan Presiden AS Bill Clinton dan mantan Perdana Menteri John (Mayor). “Rakyat yang kuat bisa seksi, saya suka Clinton; Anda tahu, nakal tapi baik dengan suara yang sangat seksi,” kata Hurley. Pada tahun 2001 pasangan ini dikabarkan menghabiskan malam di sebuah rumah pantai mewah di Santa Monica, di mana mereka dilaporkan bersenangsenang di kolam renang dan bermain kartu. Pembantu Clinton cepat menyatakan bahwa ada tamu terkenal lainnya di rumah, termasuk penyanyi Sheryl Crow. Namun, juru bicara Clinton Julia Payne dikonfirmasi mengatakan Clinton dan Liz pernah bertemu sebelumnya dan mengatakan bahwa semua orang punya ‘waktu yang baik’ pada pertemuan itu. ASN


DUNIA Perundingan perdamaian berakhir, tanpa kesepakatan, bahkan Pemerintah Suriah dan oposisi saling memaki setelah perundingan damai selama sepekan di Jenewa berakhir tanpa kesepakatan penting.

Perundingan Damai Tahap 2 Di Swiss Berakhir Tanpa Kesepakatan

Akankah Perundingan 10 Februari 2014 Prospektif

M

enteri Luar Negeri Suriah, Walid Muallem, menuding pihak oposisi tidak dewasa, sementara Louay Safi dari delegasi oposisi mengatakan rezim Assad tidak memiliki keinginan untuk menghentikan pertumpahan darah. Sementara itu, utusan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Lakhdar Brahimi mengatakan dia melihat sudah ada “pemikiran dasar yang sama” antar dua pihak, dan menjadwalkan perundingan lagi pada 10 Februari 2014 mendatang. Oposisi sudah menyatakan setuju untuk bergabung, tetapi Muallem menolak untuk memberikan komitmennya. “Kami mewakili kekhawatiran dan kepentingan orang-orang kami. Jika kami merasa [pertemuan berikutnya] adalah keinginan mereka, maka kami akan kembali,” kata Muallem kepada wartawan. Delegasi oposisi, Louay Safi, mengatakan tidak ingin berunding tanpa henti dan mendesak pemerintah menyerahkan kekuasaan. Dia mengatakan pihak oposisi mencoba untuk “memanaskan konferensi” dengan memaksa pemerintah untuk menyerahkan kekuasaan. Di sisi lain, pemimpin oposisi Ahmed Jarba mengatakan ia dan rekan-rekannya telah “melawan rezim, rezim yang hanya tahu darah dan kematian”. Kedua belah pihak membahas isu-isu kemanusiaan dan cara yang mungkin untuk mengakhiri kekerasan.

Perundingan damai pertama ini sudah membuat beberapa kesepakatan tentang warga sipil di Homs dan tentang gencatan senjata di sejumlah daerah lokal untuk memungkinkan akses bagi para pekerja kemanusiaan. Kepala bantuan PBB Valerie Amos mengatakan kesepakatan itu telah mengizinkan beberapa kesepakatan yang belum tercapai itu membuat prihatin semua pihak termasuk Organisasi Kemanusiaan Internasional. Itulah sebabnya tujuh organisasi kemanusiaan utama menyebut krisis di Suriah sebagai krisis kemanusiaan terbesar sepanjang masa. Ketujuh organisasi kemanusiaan itu antara lain meliputi Amnesty International, Human Rights Watch dan Oxfam. Mereka mengatakan setelah berkecamuk perang selama tiga tahun, situasi di Suriah tidak dapat diuraikan di dunia yang beradab. “Kami menyerukan kepada masyarakat internasional untuk membela rakyat Suriah yang mengalami krisis kemanusiaan terbesar di masa sekarang,” kata koalisi tujuh organisasi. Seruan itu disampaikan di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, bertepatan dengan konferensi perdamaian Suriah di Montreux, kota lain di Swiss pada Rabu (22/01). Konferensi perdamaian Suriah dibuka oleh Sekretaris Jendral Ban Ki-moon. Ia menyerukan perlunya membangun dialog yang mengarah ke solusi politik.

Foto: reuters

Sekjen PBB Ban Ki-moon (tengah) saat membuka konferensi perdamaian Suriah di Montreux, Swiss hari Rabu (22/1).

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

49


DUNIA

Foto: reuters

Sekjen PBB Ban Ki-moon (kanan) dan utusan PBB dan Liga Arab untuk Suriah, Lakhdar Brahimi (kiri) saat konferensi pers seusai pembicaraan damai Jenewa-2 di Montreux, Swiss (22/1).

Menurut koalisi tujuh organisasi, separuh jumlah penduduk Suriah tergantung pada bantuan kemanusiaan setelah terjadi perang sipil selama hampir tiga tahun. Di daerah-daerah tertentu, penyakit dan kelaparan sangat mudah ditemukan. Sementara konferensi perdamaian di Montreux diwarnai perdebatan pedas antara wakil-wakil pemerintah Suriah dan kubu oposisi. Pemimpin oposisi Ahmed Jarba menuduh Presiden Bashar Al-Assad melakukan tindak kejahatan perang dan menyatakan Assad tidak boleh memegang peran politik apa pun di masa depan. Menteri Luar Negeri Suriah, Walid Muallem, menyebut oposisi sebagai para pengkhianat dan agen asing. Muallem menegaskan Presiden Assad tidak akan tunduk memenuhi tuntutan pihak luar untuk mundur. Pada Konferensi perdamaian internasional Suriah sudah itu dibuka di Swiss dengan seruan Sekretaris Jendral Ban Ki-moon untuk membangun dialog yang mengarah ke solusi politik. Sebanyak 40 menteri luar negeri hadir dalam pertemuan di Montreux, termasuk Menlu Amerika Serikat John Kerry, yang mengatakan Presiden Assad telah kehilangan legitimasi dan harus mundur. Menlu Suriah, Walid Muallem, dalam pidato pembukanya yang panjang mengatakan hanya warga Suriah yang bisa memilih pemimpinnya. Pidatonya melewati waktu 10 menit yang ditetapkan untuk setiap pembicara dan dia mengabaikan upaya Ban untuk menyela. “Saya memiliki hak untuk menyampaikan versi rakyat Suriah di sini,” tegasnya. Sementara pemimpin oposisi Suriah, Ahmad Jarba, menyatakan mereka tidak bisa menerima pemerintah minoritas namun harus melibatkan semua pihak. Konflik beradarah di Suriah ini diperkirakan sudah menewaskan 100.000 orang lebih sejak tiga tahun lalu. Sehari sebelum konferensi yang disebut sebagai Jenewa II ini dibuka, muncul laporan yang mengatakan Suriah secara sistematis menyiksa dan mengeksekusi sekitar 11.000 tahanan sejak awal pemberontakan. Pemerintah Suriah belum mengomentari laporan tersebut namun membantah tuduhan pelanggaran hak asasi manusia. Presiden Suriah, Bashar al-Assad

50

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

mengatakan bahwa pertanyaan tentang apakah dia akan mundur atau tidak bukan menjadi bahan diskusi. Hal tersebut ditegaskannya menjelang konferensi internasional tentang krisis Suriah di Jenewa, yang berlangsung Rabu 22 Januari lalu. Kantor berita Rusia, Interfax, mengutip pernyataan al-Assad kepada para anggota parlemen Rusia -yang berkunjung ke Damaskus- bahwa jika pemerintahnya menyerah maka sudah akan ditempuh sejak awal. Namun kantor kepresidenan belakangan membantah pernyataan tersebut tanpa memberikan keterangan lebih lanjut. Kelompok perlawanan Koalisi Nasional Suriah awalnya mengatakan tidak akan menghadiri konferensi yang disebut Jenewa II. Namun setelah melakukan pertemuan di kalangan anggotanya di Turki, koalisi menyatakan bersedia untuk hadir. Konferensi Jenewa II diupayakan oleh Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry, dan Menlu Rusia, Sergei Lavrov, untuk mempertemukan kedua belah pihak yang bertikai di Suriah. Dilain pihak ada kabar baik, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyambut baik laporan “jeda kemanusiaan” yang telah disepakati oleh semua pihak di Suriah, guna memungkinkan warga sipil keluar dari Homs dan bantuan memasuki kota terkepung itu. “PBB dan mitra kemanusiaan telah menyiapkan makanan, pasokan medis dan yang lain di pinggiran Homs. Semua pasokan tersebut siap dikirim segera setelah lampu hijau diberikan oleh semua pihak bagi jalan aman,” kata satu pernyataan yang dibacakan di Markas PBB oleh Penjabat Wakil Juru Bicara PBB Farhan Haq. “Staf bantuan juga sudah siap,” tambah Haq. Demikian diberitakan Xinhua. Ia menyatakan Valerie Amos, Kepala Lembaga Bantuan PBB, juga menyambut baik berita mengenai jeda kemanusiaan di Homs, “sehingga akan memungkinkan warga sipil pergi dan pengiriman pasokan dasar untuk menyelamatkan nyawa mencapai sebanyak 2.500 orang”. Amos, Wakil Sekretaris Jenderal PBB Urusan Kemanusiaan dan Koordinator Bantuan Darurat, akan


DUNIA

terus mengikuti perkembangan secara seksama, kata Haq. Juru Bicara PBB tersebut juga mengutip pernyataan Amos bahwa “kita memerlukan akses yang aman, tanpa halangan dan terus-menerus bagi pekerja bantuan untuk mengirim bantuan kepada jutaan orang yang terjebak di si kota yang terkepung dan sulit dijangkau di seluruh Suriah.” Menurut laporan media, Pemerintah Suriah telah setuju dengan gerilyawan untuk mengizinkan bantuan kemanusiaan memasuki Kota Homs, yang dikuasai gerilyawan, di Suriah Tengah. Mengungsikan perempuan dan anak-anak dari bagian kota tua Homs dibahas antara delegasi oposisi, Koalisi Nasional Suriah, dan Pemerintah Suriah selama Konferensi Jenewa II. Sebanyak 3.000 warga sipil dan 4.000 gerilyawan terjebak di bagian kota tua Homs, saat prajurit reguler Suriah melakukan pengepungan selama 20 bulan atas daerah yang dikuasai gerilyawan itu. Tentara Suriah mematahkan serangan terhadap penjara pusat di Provinsi Aleppo, Suriah Utara, pada Kamis, demikian laporan kantor berita resmi Suriah, SANA. Militer menewaskan banyak penyerang dan menghancurkan amunisi serta senjata mereka, kata SANA, tanpa memberita perincian lebih lanjut. Sementara itu beberapa sumber militer Suriah yang dikutip stasiun TV Rusia, Today, mengatakan prajurit militer Suriah menewaskan beberapa pemimpin Front AnNusra, yang memiliki hubungan dengan Al Qaida, ketika anggota kelompok tersebut menyerang penjara itu. Laporan tersebut mengatakan seorang pembom mobil bunuh diri meledakkan mobilnya di gerbang penjara itu pada Kamis pagi. Ditambahkannya, prajurit Suriah berhasil memukul mundur para penyerang. Wakil Menteri Luar Negeri Suriah Faisal Mekdad menegaskan prajurit militer pemerintah berhasil melindungi penjara tersebut dan mematahkan serangan itu, demikian laporan Xinhua. Mekdad menyatakan para penyerang dilengkapi dengan berbagai jenis senjata. Laporan tersebut beredar setelah pegiat melaporkan gerilyawan berhasil memasuki beberapa bagian penjara dan membebaskan sebagian tahanan. Gerilyawan sejauh ini telah berusaha menyerbu penjara itu untuk membebaskan rekan mereka. Sebuah kesepakatan antara Suriah dan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk membawa bantuan ke kota yang terkepung, Homs, akan dimulai Jumat pagi, kata seorang pejabat Amerika Serikat. Juru bicara Departemen Luar Negeri Jen Psaki menyambut kesepakatan untuk mendapatkan bantuan yang sangat dibutuhkan kota tua itu dan mengevakuasi warga sipil. “Kami memahami operasi akan di mulai Jumat, Jumat pagi, dan akan termasuk jeda kemanusiaan lokal sementara evakuasi terus berlangsung dan makanan atau bantuan kemanusiaan lainnya disampaikan,” kata dia. Tetapi ia bersikeras akses tidak boleh digunakan sebagai “tawar-menawar” dan bahwa “evakuasi bukanlah pengganti untuk keamanan, ketertiban dan ketidakteraturan pengiriman bantuan kemanusiaan kepada mereka yang membutuhkan.” Ini adalah “tragedi” bahwa warga sipil terpaksa meninggalkan rumah mereka di Homs untuk menemukan makanan, katanya, dan menambahkan bahwa “rezim harus memberikan akses tanpa hambatan untuk pekerja kemanusiaan.” “Kita tidak harus memberikan pujian kepada rezim hanya untuk menyediakan makanan selama beberapa hari

bagi orang-orang yang kelaparan, mengingat bahwa hanya moral yang baik yang akan melakukan itu,” katanya. “Ini adalah sesuatu yang seharusnya mereka lakukan selama ini.” Sepekan setelah situasi di kabupaten-kabupaten Homs terkepung kemudian dibahas perundingan perdamaian di Jenewa, kantor berita Suriah SANA mengatakan kesepakatan negara telah mencapai untuk kemungkinan bantuan dalam dan perjalanan yang aman untuk warga sipil. Kesepakatan itu membuka jalan untuk memberikan pasokan-pasokan yang bisa menyelamatkan sekitar 2.500 orang warga sipil yang terjebak. Disisi lain Sebuah operasi internasional yang direncanakan untuk menghancurkan persenjataan kimia Suriah di laut tidak akan menimbulkan ancaman bagi ekosistem Mediterania, kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Yunani Evangelos Venizelos kepada konferensi Uni Eropa, Kamis. “Upaya diplomatik kami bersama ... telah memberikan banyak kelembagaan dan jaminan ilmiah yang ada, dan benar-benar tidak ada ancaman bagi lingkungan laut,” kata Evangelos Venizelos pada konferensi dalam rangka memuluskan strategi bersama untuk wilayah Adriatik dan Ionian. “Lembaga-lembaga Swadaya Masyatakat, dengan siapa saya berhubungan, dalam kerja sama yang erat dengan Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) sehingga kita bisa tentukan tidak akan ada kerusakan lingkungan di Mediterania,” kata Venizelos . Yunani saat ini memegang rotasi enam bulan presiden Uni Eropa. Dewan Keamanan PBB tahun lalu didukung kesepakatan AS-Rusia untuk menghancurkan gudang kimia Suriah, namun Italia dan Malta telah menyatakan keprihatinan atas dampak lingkungan operasi itu. Berdasarkan perjanjian tersebut, seluruh persenjataan kimia Suriah harus dihilangkan dengan tenggat 30 Juni untuk menjawab konflik yang sedang berlangsung. Sistem hidrolisis di satu kapal kargo AS di perairan internasional bertugas untuk mencampur air panas dan bahan kimia lainnya guna memecah agen mematikan itu, dan mengakibatkan lumpur setara dengan limbah beracun industri. “Kami telah menerima setiap jaminan bahwa senjata kimia tidak akan dibuang di laut,” Venizelos mengatakan, dan menambahkan bahwa tahap akhir operasi akan dilakukan di darat, “mungkin di Jerman,” katanya. Suriah telah menyatakan sekitar 700 ton bahan kimia yang paling berbahaya, 500 ton bahan kimia prekursor yang kurang berbahaya dan sekitar 122 ton isopropanol, yang dapat digunakan untuk membuat sarin. Venizelos menambahkan bahwa akan lebih baik jika operasi akan dilakukan di Atlantik, dan menunjuk tawaran Portugis untuk menjadi tuan rumah operasi di lepas pantai Azores, namun dia mencatat ini berada di luar kekuasaan Uni Eropa untuk menentukan. Perserikatan Bangsa Bangsa pada Sabtu, menilai Suriah akan sulit untuk memenuhi tenggat waktu penyerahan senjata kimia yang ditetapkan pada 31 Desember. PBB dan Organisasi Anti Senjata Kimia (OPCW) mengatakan sudah ada sejumlah langkah penting dalam hal pemusnahan senjata terlarang milik Suriah tersebut. Tetapi kedua organisasi tersebut mendorong agar Presiden Suriah Bashar Al Assad mengintensifkan upayanya guna memenuhi tenggat waktu yang

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

51


DUNIA

Foto: ap

Suasana pembicaraan perdamaian Suriah di Montreux, Swiss, Rabu (22/1).

ditetapkan komunitas internasional. Tenggat waktu akhir tahun ditetapkan oleh Dewan Keamanan PBB dalam kesepakatan yang diprakarsai Rusia dan Amerika Serikat dengan tujuan untuk memusnahkan seluruh senjata kimia Suriah pada pertengahan tahun 2014. “Persiapan untuk memindahkan bahan kimia paling berbahaya untuk dimusnahkan di luar Suriah terus dilakukan, tetapi tampaknya akan sulit selesai seluruhnya sebelum 31 Desember mendatang,” tulis pernyataan bersama PBB-OPCW. Perang saudara yang memburuk di Suriah, permasalahan logistik serta cuaca buruk terus menjadi alasan yang menyulitkan pemindahan bahan kimia tersebut menuju pelabuhan di Latakia. Dalam rencana internasional yang telah disepakati, bahan kimia tersebut akan dibawa ke sebuah pelabuhan di Italia untuk dibawa oleh kapal miik Angkatan Laut AS yang akan secara khusus membawa perlengkapan yang memusnahkannya di perairan internasional. Pertempuran antara pasukan pemerintah dan pihak oposisi di Suriah telah menunda pengangkutan senjata kimia tersebut, sementara rincian operasi pemusnahan juga belum dituntaskan, kata sejumlah diplomat PBB. Suriah sepakat untuk menyerahkan lebih dari 1.000 ton bahan kimia sehingga dapat terhindar dari agresi militer AS. PBB menyimpulkan bahwa senjata kimia telah digunakan dalam sebuah pertempuran pada 21 Agustus di dekat Damaskus dengan jumlah korban mencapai 1.400 jiwa. PBB dan OPCW memantau dan membantu operasi pemusnahan tesebut tetapi pemerintah Suriah merupakan yang bertanggung jawab atas pengangkutan bahan kimia milik mereka. Suriah telah memulai pemusnahan sejumlah perlengkapan di faslilitas penyimpanan bahan kimia mereka dan menyelesaikan penghancuran rudal yang dapat digunakan untuk meledakkan senjata kimia, tulis pernyataan itu. Tetapi pemerintah Suriah didesak untuk terus meningkatkan upayanya dalam melaksanakan tanggung jawab dan komitmen mereka dalam

52

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

Konvensi Senjata Kimia dan resolusi DK PBB yang mengharuskan Suriah pemusnahan seluruh senjata kimianya, demikian laporan AFP. Pemberontak Suriah, Kamis, menguasai sebagian besar penjara di pusat Aleppo dan membebaskan ratusan tahanan, menurut sebuah LSM yang memicu bantahan dari media pemerintah. Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan anggota koalisi Front Islam, yang didominasi oleh brigade Ahrar al-Sham dan afiliasi Al Qaida, Front AlNusra, melakukan serangan itu, lapor AFP. “Ahrar al-Sham dan Front Al-Nusra telah menguasai 80 persen dari penjara pusat Aleppo dan membebaskan ratusan tahanan,” kata direktur Observatorium Rami Abdel Rahman. Namun televisi pemerintah menayangkan “breaking news”, mengatakan jika tentara dan pasukan keamanan telah “menggagalkan serangan terhadap penjara oleh kelompok teroris.” Abdel Rahman mengatakan serangan oposisi dimulai dengan serangan bunuh diri yang dilakukan oleh seorang pejuang Al-Nusra di pintu masuk utama penjara. “Sejumlah besar pemberontak kemudian menyusul dengan menyerang penjara,” tambahnya. Ahrar al-Sham mengatakan pejuang oposisi telah mengambil alih kendali penuh penjara, sebagaimana Aleppo Media Centre, outlet jurnalisme warga. Tapi Abdel Rahman mengatakan pertempuran masih berlangsung di kompleks itu, yang kabarnya menampung sekitar tiga ribu tahanan, termasuk tahanan yang berasal dari kelompok Islam, penggiat dan anak di bawah umur. Pihak oposisi telah melakukan serangan terhadap penjara selama berbulan-bulan, mencoba tanpa hasil pada beberapa kesempatan untuk merebut kontrol penuh. Kondisi di dalam disebutkan sebagai mengerikan. Observatorium melaporkan adanya wabah tuberkulosis dan penyakit lainnya. Kondisi itu mendorong pemerintah untuk mengumumkan pada bulan Desember pembebasan 366 tahanan karena “alasan kemanusiaan”. Krisis kemanusiaan di Suriah menyebabkan


DUNIA

penyanyi terkenal Suriah Mayada al-Hinawi mengatakan bahwa para seniman memiliki peran penting dalam memberi pencerahan pada masyarakat, terutama jika negara mereka menghadapi agresi internasional seperti apa yang terjadi di Suriah. Al-Hinawi, dalam satu pernyataan kepada SANA, mengatakan bahwa krisis di Suriah membutuhkan sikap yang benar dan jujur dari kalangan seniman, yang bisa lebih penting daripada pengamat politik mana pun. Ia juga mengatakan tanah air lebih berharga dari segalanya, dan itu harus jauh dari perhitungan untung-rugi. Seniman perempuan itu pun menegaskan telah menyatakan dukungan kepada pemerintah Suriah dari tekanan asing. “Tembang-tembang nasional memainkan peran penting untuk memberikan dampak positif kepada masyarakat pada umumnya,” kata al- Hinawi. Sementara itu, soal lagu-lagu Suriah, ia mengatakan dibutuhkan lebih banyak dukungan untuk memperkuat kehadiran lagu di berbagai aspek kehidupan. Ia menambahkan bahwa kemunduran yang dialami lagu-lagu Suriah saat ini karena ketiadaan perusahaan produksi dan produser. Mayada al-Hinawi lahir di Aleppo, dan dikenal sebagai “penyanyi untuk semua generasi”. Komposer kondang Arab, yang termasuk dalam generasi tahun 70-an dan 80-an seperti Balegh Hamdi, Riyad al-Sunbati, Mohammad al-Mouji, Mohmmad Sultan, Helmi Baker, Saeid Makawi dan Mohammad Abdulwahab, menggubahkan lagu untuk al-Hinawi. Al-Hinawi juga mencapai ketenaran besar di tahun 80-an dan 90-an. Sikap seniman Suriah itu tidak banyak mempengaruhi jalannya siding perdamaian Suriah yang Hari Rabu, 22 Januari 2014 lalu konferensi perdamaian bagi Suriah dimulai di Montreux, Swiss. Meski dihadiri perwakilan dari 40 negara, ditambah pihak-pihak yang bersengketa, hasilnya diprediksi banyak pihak akan gagal. Iran yang semula diundang, dengan pertimbangan tertentu, dibatalkan oleh Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa Bangsa Ban Ki-moon. Padahal Iran mempunyai pengaruh besar di Suriah dan Lebanon, khususnya pada kelompok Hezbollah, sebuah kelompok yang sangat diperhitungkan oleh musuh Iran, yakni Israel. Ada hal menarik yang patut dicatat pada saat Menteri Luar Negeri Indonesia, Marty Natalegawa mendapat giliran berbicara di markas PBB di Jenewa beberapa waktu yang lalu. Ia meminta agar pertemuan yang disebut-sebut sebagai konferensi Geneva 2 itu, untuk dapat menghasilkan 3 output dalam menyelesaikan masalah dan mengakhiri bencana kemanusiaan di Suriah. Yaitu, pertama, memastikan kembali penyelesaian politik yang komprehensif dan inklusif oleh rakyat Suriah sendiri dan tidak lagi melibatkan kekuatan militer. Kedua, memproritaskan gencatan senjata untuk menghentikan tragedi kemanusiaan dan penderitaan pihak-pihak yang menjadi korban dalam konflik di Suriah. Yang terakhir, sesegera mungkin menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi mereka yang membutuhkan. Sebelumnya, pada tanggal 22 Juni 2013 pernah diadakan pertemuan para Menteri Luar Negeri dari 11 negara yang peduli terhadap nasib Suriah di Doha, Qatar. Tujuannya untuk memberi bantuan kemanusiaan bagi rakyat Suriah termasuk kepada negara-negara tetangganya yang menjadi tujuan pengungsi, seperti Turki, Yordania, Lebanon. Sejak pecah perang saudara di Suriah tahun 2011, jumlah korban tewas telah mencapai lebih dari 180 ribu orang dan jutaan orang lainnya mengungsi dengan

kondisi yang sangat memprihatinkan. Bantuan dari masyarakat internasional ternyata tidak semuanya tepat sasaran karena sebagian jatuh ke tangan kelompok-kelompok oposisi yang berafiliasi ke Al-Qaeda dan digunakan untuk membeli senjata. Konferensi di Montreux kali ini oleh banyak pihak diramalkan akan gagal. Penyebabnya antara lain karena kelompok oposisi tidak ingin melibatkan Presiden Suriah yang tengah berkuasa Bashar al-Asaad. Pihak pemerintah Suriah tentunya berbeda pendapat dengan pihak oposisi. Sangat disayangkan pula Iran tidak dilibatkan. Padahal Negara ini punya pengaruh yang cukup besar dalam konflik tersebut. Betapapun, hal yang kini perlu didorong adalah segera mengadakan gencatan senjata dan sekaligus menyalurkan bantuan secara tepat waktu dan tepat sasaran. Pihak Barat dan negara-negara Arab di satu sisi, dan pihak Rusia dan Iran di sisi lain, hendaknya tidak menjadikan konflik Suriah sebagai ajang perebutan pengaruh di Timur Tengah. Sesungguhnya yang akan menjadi korban dan paling menderita adalah rakyat Suriah, khususnya orang tua, anakanak dan perempuan. Yang menjadi pertanyaan sekarang, apakah perang Suriah dan tragedi kemanusiaan ini akan terus berlangsung? Jawabannya tergantung kesadaran semua pihak untuk menyelesaikannya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan Indonesia siap mengirim pasukan perdamaian ke Suriah yang saat ini masih dalam situasi konflik. Hal tersebut, kata presiden disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) Marty Natalegawa di Swiss dalam konferensi tentang Suriah yang diselenggarakan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). “Saya juga sampaikan jika terjadi gencatan senjata, Indonesia siap kirim Pasukan Pemelihara Perdamaian, seperti ketika kita kirim ke Libanon. *SBY*,” demikian dituliskan SBY melalui akun resmi Twitter-nya, Kamis (23/1). Usulan Indonesia terhadap penyelesaian konflik bersenjata di Suriah yang disampaikan Marty ada tiga poin, yaitu adanya gencatan senjata, pemberian bantuan kemanusiaan dan ketiga, penyelesaian proses politik secara damai. “Posisi Indonesia ini sama dengan yang saya sampaikan pada Sekjen PBB dan para pemimpin dunia lainnya. Mereka respon dengan baik. *SBY*,” tulis presiden lagi. Hingga saat ini konflik antara rejim dan oposisi di Suriah masih berkepanjangan. Keadaan di Suriah masih menjadi perhatian dunia, meskipun rejim telah bersedia diinspeksi dugaan penggunaan senjata kimia yang sempat dituduhkan oleh sejumlah negara. Indonesia sendiri melalui presiden dan menteri luar negeri sudah menyatakan ingin berkontribusi demi perdamaian yang akan dicapai di negara rejimnya mendapat dukungan Rusia itu. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Menlu AS), John Kerry mengatakan bahwa beberapa negara mungkin siap mengirim pasukan penjaga perdamaian ke Suriah, saat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memimpin upaya membawa para pihak yang berperang bersama-sama mengakhiri perang. Kerry mengatakan bahwa Presiden Suriah, Bashar al-Assad tidak siap untuk membuat perdamaian. Hal itu dikatakannya sehari setelah pembukaan konferensi perdamaian di Davos, Swiss, Kamis. Dalam sebuah wawancara dengan Televisi Al Arabiya yang berbasis di Dubai, Kerry menambahkan bahwa pemimpin Suriah tidak berperan dalam masa

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

53


DUNIA

depan apapun pemerintahan transisi setelah tiga tahun perang. Perkiraan-perkiraan rendah untuk terobosan dalam pembicaraan, yang dijuluki Jenewa II, yang membawa oposisi dan rezim bersama-sama untuk pertama kalinya sejak pemberontakan dimulai pada Maret 2011. Tetapi ketika PBB bekerja untuk berusaha membawa kedua pihak ke meja perundingan pada Jumat, Amerika Serikat telah menyerukan kesepakatan tentang gencatan senjata lokal dan akses bantuan ditingkatkan untuk mencapai masyarakat yang tertimpa. “Jika ada kesepakatan damai, ada banyak negara yang sudah menawarkan untuk maju dan menjadi pasukan penjaga perdamaian di Suriah yang baru,” kata Kerry kepada stasiun televisi itu. “Tidak ada masalah, tetapi bahwa kita semua siap untuk membantu memberikan perlindungan kepada salah satu minoritas.” Tetapi dia menekankan kepada Al-Arabiya selama wawancara di sela-sela Forum Ekonomi Dunia di Davos, bahwa tidak akan ada jejak Amerika di lapangan. Sementara ia tidak menyebutkan negara-negara itu, ia mengatakan mereka akan dapat menerima Suriah. Kerry juga mengatakan bahwa Bashar “tidak siap pada masalah ini dan waktu” untuk membuat perdamaian. “Ini adalah orang yang telah melakukan kejahatan perang,” tambahnya. Rusia menyarankan agar pemerintah Suriah dan pihak oposisi untuk membentuk tim kerja khusus yang membahas isu-isu kunci dalam rangka pembicaraan Jenewa. Wakil Menteri Luar Negeri Rusa, Ginadi Gatilov salam satu wawancara dengan Kantor Berita Rusia Ria Novosti yang diterbitkan pada Selasa, mengatakan bahwa kesepakatan mengenai sejumlah isu, seperti penghentian kebakaran, isu-isu kemanusiaan dan pembentukan badan transisi harus dicapai untuk menemukan solusi untuk krisis di Suriah. Ia menegaskan bahwa memecahkan masalah tersebut membutuhkan pembentukan tim kerja khusus. Demikian dikutip dari SANA. “Kita harus bergerak maju pada beberapa jalur pada saat yang sama,” tambahnya. Dalam konteks yang relevan, Alexei Borodavkin, wakil tetap Rusia untuk Kantor PBB di Jenewa menekankan bahwa kelompok teroris bersenjata ilegal aktif di tanah Suriah merupakan ancaman terbesar bagi Suriah dan kawasannya. Dia menambahkan bahwa Rusia akan membantu mengintensifkan perundingan mendatang di Jenewa antara pemerintah Suriah dan oposisi, untuk menjadi lebih positif dan merestruktur pembicaraanpembicaraan ini melalui pembentukan tim kerja untuk memecahkan berbagai masalah. Rusia menyerukan Amerika Serikat (AS) dan negara-negara lain yang memiliki pengaruh terhadap situasi di Suriah untuk mengadakan komunikasi dengan semua pihak di Suriah kecuali dengan para teroris. Demikian dikatakan Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, dalam siaran pers di Moskow setelah pertemuan dengan delegasi koalisi yang disebut “oposisi”. “Kami mendorong mitra Amerika dan Eropa kami, serta negara-negara di kawasan itu untuk melakukan pendekatan semacam itu,” kata Lavrov. Sebelumnya, Lavrov menyerukan persatuan upaya internasional untuk memecahkan krisis di Suriah, dan menekankan bahwa Moskow mendukung dialog yang dimulai di Jenewa dan menganggap bahwa

54

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

semua spektrum oposisi harus terwakili dalam diskusi mendatang dalam rangka menjadikan konferensi sukses. Sementara itu bantuan kemanusiaan terus didistribusikan di kamp al-Yarmouk, Damaskus, dan makin banyak orang sedang dievakuasi untuk alasan medis untuk hari keenam berturut-turut. Lebih dari 4.300 keranjang makanan telah didistribusikan dan 2.500 orang dengan kondisi medis telah dievakuasi sampai Selasa pagi. Supervisor Kampanye Bantuan untuk Rakyat Palestina di kamp itu, Abo Kifaa Ghazi, mengatakan dalam satu pernyataan kepada SANA bahwa pemerintah Suriah dan ke-14 faksi Palestina bekerja untuk meringankan penderitaan rakyat yang terjebak oleh orang-orang bersenjata di perkemahan itu, sampai keamanan dipulihkan. “Kami berusaha untuk menyalurkan sebanyak yang kita bisa keranjang makanan dengan gula, minyak, susu, beras, kurma dan roti kepada penduduk kamp, baik yang datang dari Suriah maupun Palestina kata Ghazi menambahkan. Maher Shikheh dari Departemen Pelayanan Medik di Front Populer untuk Pembebasan Palestina-Komando Umum mencatat, bahwa Front bekerja sama dengan pemerintah Suriah dan Bulan Sabit Merah Suriah serta Palestina mengevakuasi orang-orang dengan kondisi medis dan kemanusiaan harus dirawat di rumah sakit dan pusat-pusat darurat di Damaskus. Di antara orang-orang dievakuasi, kata Shikheh, adalah para mahasiswa universitas yang telah ditawari bantuan untuk dapat melanjutkan studi mereka. Kelompok oposisi utama Suriah telah sepakat untuk menghadiri pembicaraan perdamaian agar segera mengakhiri perang saudara di negara itu yang digelar pekan depan. Koalisi Nasional Suriah (SNC) mengonfirmasi akan berpartisipasi dalam pembicaraan tersebut, setelah 58 dari 73 delegasi pendukung menyatakan sepakat untuk menghadiri. Negara Barat dan Arab dari kelompok oposisi telah menekan SNC untuk menghadiri pembicaraan tersebut, yang akan dimulai pada Rabu di kota Montreux, Swiss. Pemerintah Suriah telah berkomitmen untuk menghadiri pembicaraan tersebut serta telah didukung oleh PBB. Demikian dilansir dari Sky News, Minggu (19/1/2014). Konferensi ini akan menjadi pertemuan pertama tatap muka antara wakil pemerintah Presiden Bashar al Assad dan oposisi sejak perang pecah pada Maret 2011. Diketahui, lebih dari 100 ribu orang tewas sejak konflik dimulai dan jutaan orang telah mengungsi. AS dan Rusia telah berusaha untuk mengadakan konferensi perdamaian sejak tahun lalu, dan telah berulang kali pula misi ini tertunda. Kedua belah pihak akhirnya sepakat untuk duduk bersama di meja perundingan setelah memaparkan kondisi mereka. Tujuan dari konferensi yang dijuluki Geneva 2 ini, adalah untuk menyepakati peta jalan masa depan Suriah didasarkan pada satu diadopsi oleh Amerika Serikat (AS), Rusia, dan negara-negara besar lainnya pada Juni 2012. Rencana tersebut meliputi pembentukan pemerintahan transisi dan pemilu. Dampak kemanusian timbul akibat konflik ini, kasus pemerkosaan dilaporkan dialami oleh anak-anak pengungsi perang Suriah. Bahkan dilaporkan tindakan penyiksaan turut terjadi di lokasi penampung. “Anak-anak terus disiksa dan mengalami pelecehan seksual oleh pasukan Pemerintah Presiden Bashar Al-Assad,” pernyataan Perserikatan Bangsa-


DUNIA

Bangsa (PBB), seperti dikutip Mirror, Kamis (6/2/2014). Sebelumnya PBB mengeluarkan laporan mengenai tindakan kekerasan yang dialami oleh anak-anak Suriah semasa perang. Selain mengecam pasukan pemerintah, PBB juga menganggap pihak oposisi yang telah bersalah melakukan perekrutan terhadap anak-anak untuk dijadikan pasukan. “Banyak dari anak-anak yang merasa sudah menjadi tugas mereka untuk bergabung dengan pihak oposisi,” tutur Sekjen PBB Ban Ki-Moon. Ahmed Jarba “Kekhawatiran kami tertuju pada rekrutmen atau percobaan perekrutan terhadap anak-anak, yang berada di dalam lokasi penampungan di negara tetangga,” lanjutnya. PBB memperkirakan lebih dari 10 ribu anak-anak terbunuh akibat perang yang terjadi selama tiga tahun di Suriah. Sementara masih banyak lagi anak-anak yang terluka ataupun hilang. Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperingatkan dampak konflik Suriah terhadap anak-anak di negeri tersebut. Serangan terhadap sebuah masjid yang dipenuhi anak-anak di Aleppo menjadi perhatian lebih. Dalam laporan yang diserahkan kepada Dewan Keamanan PBB (DK PBB), Ban mengatakan, pasukan pemerintahan Presiden Bashar Al-Assad telah membunuh ribuan anak-anak. Mereka juga ditangkap dan disiksa serta tidak boleh mengenyam pendidikan. Ban mendesak agar anak-anak Suriah diberikan bantuan. Mereka dinilai amat menderita karena menyaksikan anggota keluarga mereka terluka atau bahkan terbunuh. “Kedua belah pihak yang bertikai harus menghentikan kekerasan yang dialami oleh anak-anak dan melindungi hak mereka,” ujar Ban, seperti dikutip Reuters, Rabu (5/2/2014). Pelanggaran yang dialami oleh anak-anak berlangsung amat beragam. Salah satu yang menjadi perhatian adalah serangan udara yang diarahkan ke sebuah masjid yang didalamnya terdap anak-anak. Serangan pada Selasa 4 Februari di Aleppo tersebut, menewaskan lima orang anak. Sejak konflik pecah di Suriah pada 2011 silam, PBB memperkirakan sekira 100 ribu jiwa tewas. Sementara sembilan juta warga dilaporkan kehilangan tempat tinggalnya Sejak 2011 lalu, perang saudara pecah di Suriah. Hingga saat ini aksi kekerasan pun terus berlanjut dengan menyisakan ratusan ribu jiwa tewas. Pemimpin Oposisi Suriah Ahmed Jarba memaparkan permintaannya dalam upaya menuju perdamaian. Jarba mengatakan, dirinya menginginkan masa depan Suriah tanpa ada Assad. “Kami mencari masa dapan tanpa ada kehadiran dirinya (Assad). Assad dan semua pihak dalam kekuasaannya, sudah sepatutnya menjadi masa lalu,” ujar Jarba, seperti dikutip AFP, Jumat (24/1/2014). “Seharusnya tidak ada seorang pun yang meragukan bahwa rezim ini sudah berakhir. Rezim ini sudah mati,” tegasnya. Jerba juga menjelaskan bagaimana Rusia -yang selama ini dikenal membela Assad- tidak akan pernah bertahan di belakang Assad. Namun keinginan Jerba untuk melihat Assad

lengser dilawan oleh pejabat dari pemerintahan Assad. Mereka bersikeras bahwa Assad tidak akan pergi. Pada hari pertama pertemuan yang berlangsung di Jenewa, dipenuhi oleh retorika keras dari kedua belah pihak. Mereka saling menuduh melakukan kejahatan kemanusiaan dan memperlihatkan tanda-tanda tidak kompromi. Banyak pihak memperkirakan pertemuan ini tidak akan menghasilkan Foto: istimewa sesuatu yang kongkrit untuk menghentikan perang saudara. Lembaga HAM, Amnesty International, melaporkan kasus kelaparan massal di Suriah. Mereka menuduh rezim Bashar al Assad sengaja membuat warganya kelaparan. “Pemerintah Suriah secara sistematis menggunakan kelaparan sebagai senjata perang,” ujar Sekretaris Jenderal Amnesty International Salil Shetty, seperti dikutip Al Arabiya, Jumat (24/1/2014). “Mereka menghalangi bantuan kemanusiaan untuk warga. Ada sekira sembilan juta warga yang kini sangat membutuhkan bantuan,” lanjut Shetty. Laporan Amnesty Internasional menambah daftar panjang kejahatan perang yang dilakukan Assad. Sebelumnya, tim jaksa internasional mengungkap aksi penyiksaan yang dilakukan Assad terhadap ribuan tahanan. Pemerintah Suriah saat ini sedang berunding dengan kubu oposisi di Kota Jenewa, Swiss. Dalam dialog, Pemerintah Suriah menolak tuntutan oposisi yang menginginkan Assad turun dari kekuasaan Amerika Serikat (AS) membantah klaim Menteri luar negeri (Menlu) Suriah bahwa diplomat Amerika telah berusaha bernegosiasi langsung dengan rekan-rekan mereka di Suriah selama konferensi perdamaian ‘Geneva 2’ pekan lalu di Swiss. Juru bicara Departemen Luar Negeri Jen Psaki mengatakan, AS telah menawarkan untuk berhubungan dengan para pejabat Suriah yakni “tingkat staf “ melalui PBB dan Wakil Khusus Lakhdar Brahimi. “Pada titik itu, AS menawarkan untuk bernegosiasi langsung dengan rezim Suriah,” katanya, menambahkan bahwa AS telah membuat penawaran yang sama selama konflik, seperti dilansir dari Reuters, Minggu (2/2/2014). Psaki menanggapi hal ini setelah Menlu Suriah Walid al-Moualem mengatakan Amerika telah meminta negosiasi langsung di Montreux, kota di Swiss. Pembicaraan pun dimulai pada 22 Januari sebelum pindah ke Jenewa. “Kami menolak untuk melakukannya sebelum Menlu John Kerry meminta maaf atas apa yang ia katakan saat konferensi,” kata Moualem, kepada wartawan di kapal pesawat delegasi pemerintah Suriah saat kembali ke Damaskus. Dalam komentar yang dipublikasikan oleh kantor berita nasional Suriah, SANA, Moualem tidak secara spesifik menyampaikan apa yang dikatakan Kerry. Tapi Psaki menegaskan jika sikap seperti itu tidak akan terjadi. “Pada titik tertentu, apakah Kerry akan meminta maaf. karena berbicara benar tentang kebrutalan rezim Assad untuk menjatuhkan rakyat Suriah,” tambahnya. Inilah tugas semua pihak untuk mengakhiri krisis kemnusiaan dan konflik di Suriah. MJF

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

55


Foto: istimewa

GALERI

Foto: istimewa

Lukisan Tubuh yang Luar Biasa

56

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014


Foto: istimewa

Foto: istimewa

Foto: istimewa

Foto: istimewa

Foto: istimewa

Foto: istimewa

GALERI

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014

57


58

ASAtunews | edisi 15/th. I/Februari 2014


Asatunewsmag #15