Issuu on Google+

daftar Tokoh Pembohong 2013

edisi 11/th. I | JanUARI 2014

Setelah ANAS

SIAPA LAGI

DIBUI ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

1


Cover edisi 11 | th. I | JANUARI 2014

DAFTAR ISI

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pelarangan pegawai Pemprov untuk menggunakan kendaraan pribadi dalam melaksanakan tugas ke tempat kerja membutuhkan waktu transisi.

NASIONAL Fakta Densus 88 Sadis, Jenazah Tanpa Luka Tembak, Namun Mata Dicongkel dan Kepala Remuk

hal. 8

Jakarta Berlakukan Karya Pemda Naik Sepeda

Foto: istimewa | ilustrasi-elly

hal. 8

hal. 4

MEGAPOLITAN

Setelah ANAS, SIAPA LAGI DIBUI

HUKUM Penyelundup 16 Koper Blackberry Divonis Enam Tahun Penjara Jaksa penuntut umum tetap menuntut oknum pegawai bea cukai Kota Palembang, terdakwa perantara penyelundupan 4.764 unit telepon genggam bermerek “blackberry” dengan hukuman enam tahun penjara.

Seperti kejadian-kejadian sebelumnya, pasca operasi Densus 88, kali ini pun terbongkar dan terungkap betapa jahat dan sadisnya aparat tidak berhati nurani ini, terhadap umat Islam Indonesia.

POLITIK

Tokoh Pembohong 2013 SBY, Hatta Rajasa & Jero Wacik Beri Ruang Bagi Perampok hal. 16

Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Pemuda Pertambangan Indonesia, Fadhly Alimin Hasyim, menilai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono...

SOROT

MPR Kecam Polisi atas Pengrebekan Terduga Teroris Ketua Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR) Sidharto Danusubroto mengkritik penggerebekan yang dilakukan oleh Densus 88 terhadap enam anggota terduga teroris di Ciputat tangerang Selatan (1/1/14) dinihari.

hal. 24

EKONOMI

Kewajiban Membangun Smelter, Antara Nilai Tambah, Tingkat Keekonomian dan PHK

hal. 30

Banyak orang mengira bahwa Bali adalah Hindu dan Hindu adalah Bali. Pandangan itu mungkin benar. Karena hampir semua orang Bali beragama Hindu. Namun, pernahkah Anda mendengar sebuah perkampungan muslim di Bali?

2

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

SOSOK Marissa Haque, Caleg Paling Panjang Gelar Dari dua belas partai politik peserta pemilu dan 6.607 caleg DPR RI, ditemukan beberapa caleg yang menggunakan lebih dari 4 gelar dalam daftar calon tetap (DCT).

hal. 62

Pegayaman, Pesona Kampung Muslim Bali

hal. 52

hal. 38

BERUGA

Sebagai konsekuensi diberlakukannya UndangUndang No 4/2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara (UU Minerba) perusahaan tambang yang beroperasi di Indonesia...

SENI Gamelan Jawa Jadi Ilustrasi Film Kedua ‘The Hobbit’ Suara gamelan yang merdu berhasil menarik perhatian sutradara film Hollywood, Peter Jackson, untuk mengikutsertakan warisan budaya Indonesia ini sebagai bagian dari ilustrasi musik film the Hobbit: The Desolation of Smaug.


BUBUKA D

Pakaian & Kepalsuan

ua orang veteran pejuang kemerdekaan yang sedang bercakap cakap di sebuah bar. Mereka membicarakan kondisi para pemimpin politik di negerinya. Kedua veteran ini merasa kecewa terhadap cara cara berpolitik pemimpin mereka di negeri yang dulu pernah mereka perjuangkan. Ditengah percakapan mereka, datang 3 orang lelaki beserta seorang wanita. Para lelaki saling membanggakan diri mengenai peran mereka di masa perang kemerdekaan dahulu. Sambil memperhatikan percakapan mereka, kedua veteran tersebut, merasa apa yang mereka bicarakan hanya sebuah kebohongan belaka. Lalu mereka bermaksud membongkar kebohongan yang sedang mereka sembunyikan, hanya dengan sebuah pistol kosong. Kisah itu adalah drama Rusia Averchenko dengan saduran Achdiat K. Mihardja dari cerita asli Rusia berjudul “The Man With The Green Necktie” Bernama lengkap Arkady Timofeevich Averchenko yang lahir 27 Maret 1881, di Sevastopol , Rusia, ia meninggal Muda pada 12 Maret 1925 dalam usainya 43 tahun di Praha , Republik Ceko. Ia adalah seorang dramawan Rusia dan satiris . Ia menerbitkan cerita dalam jurnal Satyricon, ia juga editor, dalam rangkaian “ New Satyricon “. Karya dia diterbitkan sekitar 20 buku . Tulisan-tulisan satir Averchenko dapat digambarkan sebagai liberal . Setelah Perang Saudara Rusia, ia pindah ke Eropa Tengah dan meninggal di Praha. Averchenko semasa kuliah hanya menyelesaikan dua mata kuliah karena penglihatan yang buruk, yang membuat dia tidak dapat bekerja dalam waktu lama. Matanya telah rusak saat kecelakaan masa kanak-kanak. Namun, seiring berjalannya waktu , kurangnya pendidikan formal dikompensasi oleh kecerdasan alami. Averchenko mulai bekerja pada usia 15 , yang dipekerjakan oleh sebuah perusahaan transportasi swasta . Dia tetap ada untuk tahun sedikit di atas sebelum mengejar pekerjaan lain. Pada tahun 1897 Averchenko berangkat ke Donbass untuk bekerja sebagai pegawai di tambang Bryansk . Ia bekerja di sana selama tiga tahun dan kemudian menulis beberapa cerita tentang kehidupan di tambang

, termasuk “ In the Evening “ dan “ petir . “ Pada tahun 1903 , pada usia 22 , ia pindah ke Kharkiv mana cerita pertamanya muncul di surat kabar “ Wilayah Selatan “ pada tanggal 31 Oktober . Selama 1906-1907 ia diedit majalah satir Bayonet dan Sword . Akhirnya pada tahun 1907 ia dipecat dari pekerjaan ini , kabarnya dengan kata-kata , “ Kamu adalah orang yang baik , tapi cocok untuk apa-apa.” Setelah ini , di Januari 1908 Averchenko berangkat ke Saint Petersburg di mana dia meraih kesuksesan dalam karirnya . Pada tahun 1908 Averchenko menjadi sekretaris dari majalah satir Dragonfly ( kemudian berganti nama menjadi Satyricon) dan pada tahun 1913 ia menjadi editor. Selama bertahun-tahun Averchenko bekerja dengan sukses sebagai anggota staf majalah bersama-sama dengan banyak orang terkenal lainnya , termasuk Nadezhda Teffi , Sasha Chorny , dan Aleksey Remizov . Cerita lucu yang paling dipuji diterbitkan di majalah . Selama bekerja di Averchenko di Satyricon itu menjadi sangat populer , dan karya-karya teater berdasarkan cerita yang mengenakan oleh banyak teater di seluruh negeri . Dari 1910-1912 Averchenko lebih dari sekali melakukan perjalanan ke Eropa dengan teman-temannya dan rekan-rekannya di Satyricon ( termasuk Aleksey Remizov ) . Perjalanan ini menjabat Averchenko sebagai sumber yang kaya untuk pekerjaan kreatif , dan terinspirasi Ekspedisi bukunya Satyriconers di Eropa Barat yang diterbitkan pada tahun 1912 . Averchenko juga menulis banyak ulasan teater di bawah beberapa nama pena . Setelah Revolusi Oktober, kehidupan Averchenko yang telah sangat berubah. Pada Agustus 1918 para pemimpin Bolshevik menyatakan Satyricon anti - Soviet dan ditekan itu. Averchenko dan semua staf Satyricon mengambil posisi negatif terhadap otoritas Soviet . Averchenko berjuang sangat dalam mencoba untuk kembali ke Sevastopol sendiri , khususnya , ia harus melakukan perjalanan melalui Ukraina , yang sedang diduduki oleh Jerman . Dimulai pada bulan Juni 1919 Averchenko bekerja untuk surat kabar Selatan (kemudian The South of Russia ) dan mendesak bantuan untuk Angkatan Darat Sukarela . Pada 15 November 1920 Sevastopol diambil oleh The Reds . Beberapa hari

sebelum Averchenko punya waktu untuk melarikan diri melalui kapal kapal ke İstanbul. Averchenko merasa nyaman saat berada di İstanbul. Ada banyak rekan pengungsi Rusia lain di kota ini pada saat itu. Pada tahun 1921 di Paris ia menerbitkan sebuah antologi satir , A Dozen Pisau di Kembali Revolusi yang digambarkan Lenin sebagai “sebuah buku dari bakat besar dengan sakit hati untuk gangguan Putih Guard.” Dia mengikuti buku ini dengan kumpulan cerita , A Dozen Portraits dalam Format Boudoir. Pada 13 April 1922 Averchenko pindah ke Sofia dan kemudian pindah ke Belgrade . Averchenko menghabiskan waktu singkat di kedua kota sebelum pindah lagi dan mengambil tempat tinggal permanen di Praha pada 17 Juni 1922 . Pada tahun 1923 bukunya cerita emigran dikumpulkan , The Notes of Simple - Minded , diterbitkan oleh penerbitan Berlin rumah Nord . Averchenko ditemukan hidup jauh dari tanah airnya dan dari bahasa ibunya sangat keras . Banyak cerita-ceritanya ditangani dengan perasaan keterasingan , khususnya cerita “ Tragedi penulis Rusia. “ Dia mengambil popularitas dalam bahasa Ceko. Tulisan-tulisannya telah sangat berhasil dan banyak cerita -karyanya telah diterjemahkan ke dalam bahasa Ceko . Bekerja untuk surat kabar terkenal Prager Presse , Averchenko menulis banyak cerita effervescent dan cerdas , yang tetap menyatakan kerinduan yang besar untuk tanah airnya . Pada tahun 1925 Averchenko jatuh sakit setelah operasi untuk mengangkat matanya . Pada tanggal 28 Januari ia dipindahkan ke Rumah Sakit Kota Praha dengan diagnosis “ kelemahan otot jantung , distensi dari aorta dan sclerosis ginjal . “ Dokter tidak bisa menyelamatkan hidupnya dan ia meninggal pada pagi hari 12 Maret 1925 . Averchenko dimakamkan di Pemakaman Olšany di Praha . Karya terakhirnya adalah novel The Joke of Maecenas , ditulis di Sopot pada tahun 1923 dan diterbitkan pada tahun 1925 setelah kematiannya. Pakaian dan Kepalsuan adalah potret saat ini, negeri yang kaya, namun tak terasa telah diporak porandakan oleh kekuasaan yang absurd. Lalu apakah bisakan kita lalu membuka kedok satu persatu ke-absuditasan di negeri ini?

Redaksi

PENERBIT PT ASATU Perdana Bangsa I PIMPINAN REDAKSI Aendra Medita | REDAKTUR PELAKSANA Purwadi Djunaedi | REDAKTUR Benny Koesbandoro, Muhammad Jusuf, Maryoto | TIM REDAKSI Mohammad Hidayat, Ajoy, Tatang Yusup, Rahmat Edy, Danang, Bahaudin, Rhenoz, Galuh K Wibie | FOTOGRAFER Lusdiana CM | RANCANG GRAFIS Elly | DOKUMENTASI & RISET Susi Andrini, Budiman, Jenny Mariam| SEKRETARI REDAKSI Septy Hedy Muliastuti | IT, WEB & DATA Dadi Gunadi, Aan Sulistiyo I Komisaris Edi Syahputra | PEMIMPIN UMUM Raden Nuh | Direktur Utama Koes Hardjono | Direktur Ahmad Irwandi Lubis | KEUANGAN & HRD Santika Boerhan | Staff HRD (General) Muhammad Yasin | PENASEHAT HUKUM Irwandi Lubis SH, Edi Syahputra SH | PENDUKUNG TEKNIS Sahri, Fahmi Andriansyah | Alamat Sekretariat/Redaksi/Pemasaran/ Iklan Menara MTH Lt. 11, Jl. MT Haryono Kav 23 Jakarta Selatan 12820 | Telp: 021 - 837 84 329 | Fax: 021 - 837 84 383 | Email: redaksi@asatunews.com | iklan@asatunews.com | http://www.asatunews.com/

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

3


Megapolitan

Jakarta Berlakukan

Karyawan Pemda Naik Sepeda

ilustrasi: elly/asatunews

4

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014


Megapolitan

"I

ni gini loh, ini baru awal, ini transisi, kamu harus ngerti. Udah ditanya aneh-aneh," ujar Joko Widodo di Balai Kota, Jakarta, Jumat (3/1). Jokowi menanggapi pegawai Pemprov yang masih menggunakan kendaraan pribadi ke tempat kerja meskipun pemberlakuan Instruksi Gubernur Nomor 150 Tahun 2013 tentang Penggunaan Kendaraan Umum mulai hari Jumat (3/1). "Ini baru transisi! baru awal! masih ada yang males, aduh nanti saya naik apa, aduh saya nanti ganti apa, yaa kalau masih seperti itu ya naik dulu dengan cara kayak tadi," kata dia. Ia mengungkapkan Singapura saja membutuhkan waktu tujuh tahun untuk mendorong pengguna kendaraan pribadi beralih ke transportasi massal. "Singapura butuh tujuh tahun loh, ini baru satu jam, baru mulai," ujar dia. Ia mengatakan hasil dari kebijakan penggunaan kendaraan umum itu akan terlihat setelah tiga bulan. Kalau hasilnya bagus nanti seminggu sekali bahkan bisa setiap hari. "Nanti tiga bulan baru kelihatan. Ini kan sebulan sekali, nanti ini sebulan sekali, setelah 3 bulan seminggu sekali, kalo baik setiap hari bisa saja kenapa enggak. Tapi dengan catatan fasilitas transportasi kita sudah siap," ujar dia. Ia mengatakan pemberlakuan pelarangan penggunaan kendaraan pribadi di lingkungan pegawai Pemprov untuk memberikan contoh kepada warga lain di ibu kota. "Ini transisi menuju ke sana (transportasi umum), dan kalau kita tidak beri contoh harus diberi contoh kalo gak diberi contoh hanya perintah-perintah aja yah sulit," ucap dia. Ia menambahkan beralihnya pengguna kendaraan pribadi ke transportasi massal tergantung dari dukungan masyarakat itu sendiri. "Ya gak tahu. kalau masyarakat mendukung, setahun dua tahun bisa aja rampung. saya hanya beri gambaran negara lain misalnya Singapura," kata dia. Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memberikan sanksi kepada pegawai DKI apabila sudah tiga kali melanggar Instruksi Gubernur Nomor 150 Tahun 2013 tentang Penggunaan Kendaraan Umum yang berlaku mulai hari ini. foto: istimewa

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pelarangan pegawai Pemprov untuk menggunakan kendaraan pribadi dalam melaksanakan tugas ke tempat kerja membutuhkan waktu transisi.

ASN

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

5


NASIONAL

Piala Dunia Singgah di JAKARTA Trofi Piala Dunia FIFA tiba di Jakarta pada Senin (6/1) dan akan menyapa masyarakat Indonesia dalam rangkaian FIFA World Cup Trophy Tour 2014.

6

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014


foto: istimewa

NASIONAL

Duta Besar FIFA World Cup Trophy Tour, Dwight Yorke (kanan) dan Presiden Direktur Coca-Cola Indonesia Martin Gil (kiri) melihat Tropi Piala Dunia, di Jakarta pada tanggal 6 Januari 2014. Trofi akan dipamerkan di Jakarta sampai 8 Januari.

“S

etelah menempuh perjalanan 149.000 km ke berbagai belahan dunia, akhirnya Trofi Piala Dunia ini bisa didatangkan ke Indonesia,” kata Presiden Direktur PT. Coca-Cola Indonesia selaku sponsor, Martin Gil dalam jumpa pers di Jakarta, Senin. Indonesia menjadi negara ke-57 dari 90 negara yang mendapat kesempatan untuk memboyong Trofi Piala Dunia dalam rangkaian tur tersebut.

Saya berharap kedatangan piala ini memberikan motivasi yang baru agar Indonesia tidak hanya sebagai penonton saja namun bisa tampil menjadi bagian dari Piala Dunia.

Trofi Piala Dunia tiba di Bandara Halim Perdanakusuma pada pukul 10.00 WIB dan akan dipamerkan di Jakarta Convention Center dari 6-8 Januari. Martin Gil mengatakan rangkaian tur trofi Piala Dunia FIFA tersebut merupakan salah satu komitmen pihak sponsor untuk mempromosikan gaya hidup sehat. Selain itu, “kekuatan sepak bola bisa menyatukan masyarakat dunia,” kata Gil. Dalam kesempatan itu, Duta Piala Dunia FIFA Dwight Yorke turut mendampingi kedatangan trofi Piala Dunia FIFA di Jakarta. “Sejauh ini hanya ada delapan negara yang pernah mendapatkan piala ini. Mudah mudahan ke depannya Indonesia bisa tampil di Piala Dunia,” kata mantan striker klub Manchester United tersebut. Sekjen PSSI Joko Dwiyono mengatakan kedatangan trofi Piala Dunia FIFA ke Indonesia seperti mengetuk pintu dunia sepak bola tanah air. “Saya berharap kedatangan piala ini memberikan motivasi yang baru agar Indonesia tidak hanya sebagai penonton saja namun bisa tampil menjadi bagian dari Piala Dunia,” kata Joko. Sejak diluncurkan sejak pertengahan September tahun lalu, program FIFA World Cup Trophy Tour 2014 telah membawa trofi Piala Dunia berkeliling dunia dari Amerika Latin, Afrika, Timur Tengah, dan menutup rangkaian tur Asia Tenggara di Indonesia sebelum beranjak ke Chile, Amerika Selatan. Trofi Piala Dunia FIFA memiliki tinggi 36,8 cm dengan berat 6,175 kg dan terbuat dari emas padat 18 karat. Pemenang Piala Dunia hanya boleh menyimpan trofi tersebut selama beberapa waktu dan kemudian akan menerima replika trofi yang berlapis emas. ASN

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

7


foto: istimewa

NASIONAL

Fakta Densus 88 Sadis, Jenazah Tanpa Luka Tembak, Namun Mata Dicongkel dan Kepala Remuk Seperti kejadian-kejadian sebelumnya, pasca operasi Densus 88, kali ini pun terbongkar dan terungkap betapa jahat dan sadisnya aparat tidak berhati nurani ini, terhadap umat Islam Indonesia.

8

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

U

sai operasi brutalnya di Ciputat, pada kelima jenazah korban Densus didapati luka-luka bekas kekerasan, seperti kepala remuk dan mata dicongkel. Dan yang mengenaskan, tidak ada bekas satu peluru pun pada tubuh jenazah para ikhwan ini, yang ada adalah memar-memar pada sekujur badannya. Seorang aktifis Islam, Abu Azzam, pelaku proses pengurusan jenazah kelima ikhwan korban kebiadaban Densus 88 sejak dari RS Polri Kramatjati, menyaksikan pada jenazah kelimanya terlihat luka-luka bekas penyiksaan. Dia menduga mereka disiksa terlebih dahulu sebelum dibunuh.


NASIONAL

Foto: istimewa

Korban kesadisan Densus 88: Jenazah ikhwan fillah Edo, mata dicongkel, kepala remuk dan sekujur tubuh memar. Foto: istimewa

Jenzah Akhi Fauz

Foto: istimewa

Akhi Edo dalam kondisi remuk dibantai Densus 88. Foto: istimewa

Jenzah Akhi Dayat

“Contohnya, Edo hancur kepalanya. Di sebelah (kanan, red) badannya juga hancur bekas penyiksaan,” ujar Abu Azzam, seperti dilansir Kiblat.net Ahad (5/1/2014). Dia juga melihat adanya keganjilan dari pernyataan polisi yang menyatakan kelimanya terbunuh akibat luka tembak. “Logikanya, ketika ditembak itu hanya luka satu. Ini enggak, memar semua sekujur badan. Terutama si Edo, hancur kepalanya, habis tidak berbentuk. Yang kedua si Rizal, matanya dicongkel seperti dipopor. Matanya sebelah kanan gak ada,” ungkapnya. Hasbunalloh wa ni’mal wakil. La haula wala quwwata illa billah. Sebelumnya, Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) dalam rilisnya tentang kebiadaban Densus 88 di Ciputat telah menyimpulkan: Pertama, terdapat sejumlah keterangan dari pihak Polri yang tidak sesuai dengan gambaran dilapangan. Oleh karenanya, kedua, patut diduga terdapat pelanggaran prosedur penindakan terhadap terduga teroris. Pelanggaran ini berimplikasi pada dugaan pelanggaran hak asasi manusia, baik yang dijamin oleh Konstitusi, aturan perundang-undangan sampai aturan internal Polri–ketentuan perlindungan HAM dalam tugas pemolisian, tata cara penindakan dalam operasi melawan teroris, maupun dalam tata cara penggunaan senjata. Secara umum, peristiwa diatas dapat dilihat sebagai bagian dari tren umum operasi melawan teroris yang penuh ketidak akuntabilitasan dan tidak profesional, sebagaimana terjadi pada beberapa kasus lainnya.

Foto: istimewa

Bahu kanan Edo remuk dan patah serta tidak ditemukan luka tembak pada tubuhnya. Tapi kepala dan muka (mata rusak parah).

Oleh karenanya KontraS merekomendasikan: Pertama, harus ada upaya serius evaluasi atas peristiwa diatas, termasuk upaya pemulihan yang tepat sesuai aturan hukum. Lembaga-lembaga seperti LPSK dan komnas HAM serta ombudsmen harusnya bisa berperan, meskipun sejauh ini lembaga-lembaga ini tidak berfungsi dengan baik. Kedua, Pemerintah Indonesia harus segera mengundang pelaporan khusus PBB untuk isu

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

9


NASIONAL

penghormatan HAM dalam melawan terorisme dengan harapan bisa mendapatkan masukan yang konstruktif memperbaiki tindakan-tindakan penegakan hukum untuk isu ini. Kalau Polri bisa membuka diri dari negaranegara donor maka tidak ada alasan untuk tidak mengudang pelapor khusus ini. Ketiga, Polri harus membuka siapa otak di balik jejaring panjang kelompok teroris ini, suplai senjata, alat peledak dan perekrutannya. Kami yakin melihat pola yang berulang bahwa para teroris bukanlah berdiri sendiri melainkan mendapatkan bantuan dari tangantangan kotor yang ingin mengambil keuntungan dari kekacauan di Indonesia. Terakhir, kami meminta komnas HAM dan lembaga-lembaga serupa seperti kompolnas agar memperbaiki diri untuk bisa menangani kasuskasus pemberantasan terorisme.

KontraS: Operasi Densus 88 di Ciputat hanya akal-akalan untuk menciptakan suasana mencekam

terlihat beberapa mobil mondar-mandir di sekitar lokasi rumah terduga teroris. Sehingga upaya penangkapan para terduga “teroris” dalam keadaan hidup sangat mungkin dilakukan. “Dari informasi tersebut, disimpulkan bahwa aparat kepolisian memungkinkan melakukan penangkapan dalam keadaan hidup karena sudah memiliki informasi yang cukup, tanpa harus jatuh korban jiwa, kerugian materil dan trauma masyarakat. Tetapi tindakan tersebut tidak dilakukan,” tambah Haris. Selanjutnya, KontraS juga tidak menemukan bukti terjadinya tembak-menembak di tempat kejadian perkara. “Jika benar terjadi kontak senjata sebagaimana disampaikan oleh Polisi, berarti ada bangunan-bangunan di depan rumah yang terkena tembakan peluru milik terduga teroris. Namun sejauh ini tidak ada bekas peluru di bangunan Mushala atau rumah warga yang berada didepan rumah terduga.” Yang tidak kalah penting adalah kejanggalan dalam penembakan terhadap Hidayat yang diduga sebagai pimpinan terduga “teroris” Ciputat. Hidayat merupakan terduga pertama yang ditembak dibagian kepala hingga tewas di Gang Hasan, sekitar 200 meter dari rumahnya. Saat terjadi penembakan, Hidayat sedang mengendarai motor memboceng Irwan (warga) untuk membeli makanan (nasi goreng). Hidayat ditembak tanpa ada perlawanan yang membahayakan aparat. Namun menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Boy Rafli Amar bahwa terjadi baku tembak antara anggota Densus 88 AT dengan Hidayat. Berikut ini isi selengkapnya rilis KontraS perihal kejanggalan operasi Densus 88 di Ciputat seperti dilansir situs kontras.org, Ahad (5/1/2014):

Penanganan Teroris di Ciputat Penuh Tanda Tanya

Foto: istimewa

Koordinator Badan Pekerja KontraS, Haris Azhar (kiri).

Banyak kejanggalan dan dusta polisi dalam operasi Densus 88 anti teror Mabes Polri di Ciputat Tangerang Selatan pada malam pergantian tahun 2014. Hal ini dikemukakan Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS), yang melihat kejanggalan terutama pada soal tembak mati buruan pasukan burung hantu itu. Klaim bahwa terjadi baku tembak selama 10 jam patut dipertanyakan. ”KontraS menduga rumah terduga teroris dikepung dan diberondong peluru serta bom dalam tempo yang cepat. Setelah itu, suara letusan senjata api hanya akal-akalan untuk menciptakan suasana mencekam,” rilis KontraS KontraS juga menerima informasi warga bahwa intel sering berkeliaran di sekitar lokasi para terduga “teroris”. Intetitas intel semakin meningkat sekitar 1 pekan sebelum penggerebakan. “Pada malam satu hari sebelum terjadi penggerebekan, dua orang yang diduga intel juga sempat mendatangi rumah terduga teroris,” tulis koordinator Badan Pekerja Kontras Haris Azhar. Informasi lainnya, pada hari Senin (30 /12/2013)

10

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

KontraS (Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan) menilai ada sejumlah kejanggalan dalam tindakan Tim Densus 88 AT saat penggerebekan terduga teroris di Jalan KH Dewantara, Gang Haji Hasan, Kampung Sawah Dalam, Ciputat, Tanggerang Selatan, pada malam 31 Desember 2013 dan berakhir pada dini hari 1 Januari 2014. Tindakan Densus 88 AT yang mengeksekusi mati terduga teroris di lokasi kejadian sudah menjadi pola yang lazim digunakan dalam setiap operasi. Berangkat dari temuan awal dan informasi media massa, KontraS menganggap kematian enam terduga teroris; Hidayat, Nurul Haq, Fauzi, Rizal, Hendi, dan Edotidak wajar dan mengandung unsur-unsur pelanggaran prosedur hukum serta hak asasi manusia, termasuk hak asasi warga yang terkena dampak. Berikut ini adalah beberapa temuan awal KontraS dilapangan dan perbandingan dengan pemberitaan media massa, termasuk keterangan dari pihak Polri; Pertama menurut informasi dari seorang warga sekitar(nama tidak mau disebutkan) bahwa sejak tiga bulan lalu orang-orang yang diduga intel sering berkeliaran disekitar lokasi. Intensitas mereka meningkat sekitar satu minggu sebelum terjadi penggerebekan. Pada malam satu hari sebelum terjadi penggerebekan, dua orang yang diduga intel juga sempat mendatangi rumah terduga teroris. Informasi lain sebagaimana disampaikan warga lainnya, bahwa pada hari Senin 30 Desember 2013 sudah ada beberapa mobil mondar-


NASIONAL

mandir di perkampungannya. Mobil diparkir dilapangan bola yang berjarak sekitar 200 meter dari lokasi penggerebekan. Dari informasi tersebut, disimpulkan bahwa aparat kepolisian memungkinkan melakukan penangkapan dalam keadaan hidup karena sudah memiliki informasi yang cukup, tanpa harus jatuh korban jiwa, kerugian materil dan trauma masyarakat. Tetapi tindakan tersebut tidak dilakukan. Kedua pada 31 Desember 2014, siang hari, sebelum terjadi penggerebekan, aparat kepolisian menyuruh warga menjauh dari lokasi. Sebagian warga meninggalkan lokasi pergi ke rumah-rumah saudaranya, kecuali beberapa orang yang tidak bersedia menghindar lantaran menjaga keluarganya yang sedang sakit. Penggusiran warga dari lokasi disinyalir sebagai upaya Densus 88 AT untuk meminimalisir korban dipohak penduduk sekitar dan hal ini patut diduga sebagai bagian dari mobilisasi terencana untuk penindakan terhadap terduga teroris, yang kemudian berakhir dengan korban jiwa. Ketiga penembakan terhadap Hidayat yang diduga sebagai pimpinan teroris Ciputat. Hidayat merupakan terduga pertama yang ditembak dibagian kepala hingga tewas di Gang Hasan, sekitar 200 meter dari rumahnya. Saat terjadi penembakan, Hidayat sedang mengendarai motor memboceng Irwan (warga) untuk membeli makanan (nasi goreng). Hidayat ditembak tanpa ada perlawanan yang membahayakan aparat. Namun menurut Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Boy Rafli Amar bahwa terjadi baku tembak antara anggota Densus 88 AT dengan Hidayat. Anggota Densus 88 AT yang sudah menguntit dari belakang dan menyergapnya ditembak oleh Dayat dengan pen gun dalam jarak dekat sehingga anggota Densus tertembak dibagian kaki kiri tepat dibawah lutut tembus ke paha kanan. Anggota Polisi yang lain yang sudah siap mengarahkan tembakan ke Dayat yang mengakibatkan Dayat meninggal. Boy Rafli Amar juga memberikan keterangan yang berbeda bahwa dua orang dilumpuhkan karena berusaha melarikan diri menggunakan motor Honda Supra B 6516 PGE. Keempat beberapa saat setelah penembakan Hidayat, warga berkerumun dilokasi kejadian yang terletak sekitar 200 meter dari rumah yang digerebek. Saat bersamaan, Tim Densus menggerebek rumah yang dihuni oleh terduga teroris lainnya. Rumah terduga berada didepan sebuah Mushala, hanya berjarak tiga meter. Didepan rumah terdapat tanah lapang ukuran tiga meter. Rumah tersebut terletak diantara rumah penduduk yang lain, hanya dipisahkan oleh gang kecil. Dibelakang rumah, dan samping kiri terdapat sedikit semak-semak, sementara sebelah kanan tanah kosong. Dilihat dari posisi rumah, kontak tembak kemungkinan besar terjadi dalam jarak dekat, antara lima atau 10 meter. Jika benar terjadi kontak senjata sebagaimana disampaikan oleh Polisi, berarti ada bangunan-bangunan didepan rumah yang terkena tembakan peluru milik terduga teroris. Namun sejauh ini tidak ada bekas peluru di bangunan Mushala atau rumah warga yang berada didepan rumah terduga. Selain itu, hanya rumah terduga yang ditutup dengan terpal dan police line, sementara lokasi sekitar Mushala dan rumah warga tidak diberi police line. Warga juga dapat mondar-mandir di Gang yang berjarak dua atau tiga meter dari rumah terduga. Klaim bahwa terjadi baku tembak selama 10 jam patut dipertanyakan? KontraS menduga rumah terduga teroris dikepung dan diberondong peluru serta bom dalam tempo yang cepat. Setelah itu, suara letusan senjata api hanya akal-akalan

untuk menciptakan suasana mencekam. Kelima keterangan Komisioner Kompolnas Syafriadi Cut Ali yang mengatakan bahwa terduga melempar dua bom keluar, satu meledak satu tidak. Dan keterangan Boy Rafli Amar yang mengatakan menemukan enam bom rakitan didalam rumah dan satu ditemukan sudah meledak. Pernyataan tersebut kontradiksi. Jika mengaju ke pernyataan Syafriadi, artinya ada bekas ledakan bom diluar rumah, ada bangunan yang rusak, dan tentunya ada aparat yang terkena serpihan bom. Namun sebagaimana telah kami uraikan pada point empat tidak ada lokasi diluar rumah yang rusak dan di police line. Sementara pernyataan Boy Rafli yang menyatakan ada bom meledak didalam rumah makin memperdalam kebingungan publik. Sebab, jika satu bom meledak didalam rumah, pasti rumah tersebut rata dengan tanah dan orang-orang didalamnya hancur. Sejauh ini, rumah terduga teroris hanya terlihat bolong diatap dan beberapa bekas peluru didinding. Atas sejumlah fakta diatas, kami menyimpulkan: Pertama, terdapat sejumlah keterangan dari pihak polri yang tidak sesuai dengan gambaran dilapangan. Oleh karenanya, kedua, patut diduga terdapat pelanggaran prosedur penindakan terhadap terduga teroris. Pelanggaran ini berimplikasi pada dugaan pelanggaran hak asasi manusia, baik yang dijamin oleh Konstitusi, aturan perundang-undangan sampai aturan internal Polri–ketentuan perlindungan HAM dalam tugas pemolisian, tata cara penindakan dalam operasi melawan teroris, maupun dalam tata cara penggunaan senjata. Secara umum, peristiwa diatas dapat dilihat sebagai bagian dari tren umum operasi melawan teroris yang penuh ketidak akuntabilitasan dan tidak profesional, sebagaimana terjadi pada beberapa kasus lainnya. Oleh karenanya kami merekomendasikan, pertama, harus ada upaya serius evaluasi atas peristiwa diatas, termasuk upaya pemulihan yang tepat sesuai aturan hukum. Lembaga-lembaga seperti LPSK dan komnas HAM serta ombudsmen harusnya bisa berperan, meskipun sejauh ini lembaga-lembaga ini tidak berfungsi dengan baik. Kedua, Pemerintah Indonesia harus segera mengundang pelaporan khusus PBB untuk isu penghormatan HAM dalam melawan terorisme dengan harapan bisa mendapatkan masukan yang konstruktif memperbaiki tindakan-tindakan penegakan hukum untuk isu ini. Kalau polri bisa membuka diri dari negara-negara donor maka tidak ada alasan untuk tidak mengudang pelapor khusus ini. Ketiga, Polri harus membuka siapa otak dibalik jejaring panjang kelompok teroris ini, suplai senjata, alat peledak dan perekrutannya. Kami yakin melihat pola yang berulang bahwa para teroris bukanlah berdiri sendiri melainkan mendapatkan bantuan dari tangan-tangan kotor yang ingin mengambil keuntungan dari kekacauan di Indonesia. Terakhir, kami meminta komnas HAM dan lembaga-lembaga serupa seperti kompolnas agar memperbaiki diri untuk bisa menangani kasus-kasus Pemberantasan terorisme. Jakarta, 5 Januari 2014 Hormat kami Badan Pekerja KontraS Haris Azhar Koordinator ASN

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

11


foto: istimewa

HUKUM

Penyelundup 16 Koper Blackberry Divonis Enam Tahun Penjara Jaksa penuntut umum tetap menuntut oknum pegawai bea cukai Kota Palembang, terdakwa perantara penyelundupan 4.764 unit telepon genggam bermerek "blackberry" dengan hukuman enam tahun penjara.

12

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

"K

edua terdakwa yakni Ismadi Setyawan dan Jimmi Januadri terbukti bersalah melakukan tindak pindana korupsi sebagaimana diatur dalam perundangudangan yang berlaku sehingga memutuskan tetap pada tuntutan semula," kata Jaksa Penuntut Umum (JPU) Rini pada persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Palembang, Senin (6/1). JPU menyatakan, kedua pegawai Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean B Palembang itu secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana diatur dan diancam dalam Pasal 12 huruf a UU no 31/1999 jo UU no 20/2001 tentang tindak pidana korupsi jo Pasal 55 atat (1) ke-1 KUHP. Terdakwa juga dijerat tindak pidana pencucian uang sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 5 UU No 8/2010 tentang pencegahan dan pembertantasan tindak pidana pencucian uang jo Pasal 65 ayat (1) KUHP. Selain terhadap dua terdakwa, Rini juga membacakan tanggapan atas pledoi terhadap dua terdakwa lainnya, yakni Caesar Muhni Rizal dan Hasan.


HUKUM

Hasan tetap dituntut dengan pidana penjara selama empat tahun dan denda Rp50 juta subsider tiga bulan kurungan penjara. Sedangkan terdakwa Caesar Muhni Rizal dituntut pidana penjara selama tujuh tahun dan denda Rp50 juta subsider tiga bulan.

Ada pun, barang yang diselundupkan itu berupa 16 koper berisikan 2.335 unit telepon genggam :

grafis: elly/asatunews

Kedua terdakwa dinyatakan bersalah secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal 5 ayat (1) huruf a UU no 31/1999 jo UU no 20/2001 tentang tindak pidana korupsi jo Pasal 55 atat (1) ke-1 KUHP dan melakukan tindak pidana pencucian uang sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 5 UU No 8/2010 tentang pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang jo Pasal 65 ayat (1) KUHP. "Hasan tetap dituntut dengan pidana penjara selama empat tahun dan denda Rp50 juta subsider tiga bulan kurungan penjara. Sedangkan terdakwa Caesar Muhni Rizal dituntut pidana penjara selama tujuh tahun dan denda Rp50 juta subsider tiga bulan," katanya dihadapan majelis hakim. Sementara itu, seusai mendengarkan tanggapan JPU atas fledoi terdakwa, majelis hakim yang diketuai Ade Komaruddin memutuskan persidangan dilanjutkan pada pekan depan dengan agenda pembacaan putusan (vonis). Namun, sebelum memberikan kesimpulan, majelis hakim meminta jaksa menggagendakan untuk pemeriksaan barang bukti mengingat sejak kasus ini digelar dipersidangan hanya memperlihatkan sebagian sebagai contoh. "Nanti akan benar-benar dihitung dengan disaksikan hakim, jaksa, terdakwa, dan penasehat hukum," kata Ade Komaruddin. Berdasarkan pembacaan reflik JPU, diketahui bahwa kejadian diawali dengan pertemuan Caesar dan Ismadi pada Juni 2012 dan ditindaklanjuti pada Desember 2012 untuk membicarakan pengiriman barang elektronik ilegal. Kemudian, Ismadi menanggapi rencana itu dengan menghubungi Jimmi (bagian arsip pengiriman barang) untuk meloloskan barang tersebut masuk ke Palembang. Pada 20 Januari 2013, Caesar bertemu kembali dengan Ismadi untuk menyerahkan kartu anjungan tunai mandiri atas nama Hasan beserta nomor PIN. Kemudian, secara bertahap Hasan mentransfer uang ke rekening tersebut hingga mencapai Rp653 juta. Setelah menerima pemberian uang tersebut, Ismadi dan Jimmi meloloskan setiap pengiriman barang elektronik berupa telepon genggam yang dilakukan Caesar melalui seorang kurir dari Singapura di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II. Terdakwa (Ismadi dan Jimmi) tidak memasukkan barang bawaan penumpang dari penerbangan internasional melalui pemeriksaan sinar x sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 118/ PMK.04 tahun 2010 tentang Impor Barang. ASN

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

13


POLITIK

foto: istimewa

DPR akan menggunakan hak interpelasi jika pemerintah tidak bertanggung jawab dan tidak jujur atas kebijakan menaikkan harga gas Elpiji 12 kilogram. Akan ada inisiatif dari DPR untuk menggalang pengumpulan tanda tangan guna memenuhi keabsahan penggunaan hak interpelasi DPR. Demikian disampaikan anggota Komisi III DPR, Bambang Soesatyo alias Bamsoet, Senin (6/1).

14

SBY Akan Dipanggil DPR

Karena Bohong Soal Harga Elpiji ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014


POLITIK

foto: istimewa

Saya tetap memaknai kebijakan menaikkan harga gas Elpiji tabung 12 kilogram sebagai kebijakan pemerintahan SBY-Boediono, bukan semata-mata kebijakan PT Pertamina.

H

ak interpelasi adalah hak Sebab, sambung dia, PT Pertamina DPR memanggil presiden telah melaporkan rencana kebijakan untuk meminta penjelasan perubahan harga Elpiji 12 kilogram atas kebijakan pemerintah kepada Menteri ESDM Jero Wacik. yang penting dan strategis serta berefek Mekanisme pelaporan ini sesuai dengan luas pada rakyat dan negara. Untuk Pasal 25 Peraturan Menteri ESDM memunculkan usul itu hanya dibutuhkan No 26/2009 tentang Penyediaan dan tanda tangan minimal 25 anggota DPR Pendistribusian Elpiji. dari lebih satu fraksi. Usul penggunaan Karena kenaikan harga Elpiji akan hak interpelasi itu kemudian diajukan ke berdampak sangat luas dan signifikan forum paripurna DPR. terhadap kehidupan rakyat, tambah Kendati pemerintah hari ini telah Bamsoet, Jero Wacik pasti tidak berani memutuskan kenaikan harga gas Elpiji bertindak sendirian. Dia akan berkoordinasi Rp 1.000 per kilogram atau Rp 12.000 dengan Menko Perekonomian Hatta Rajasa. per tabung gas ukuran 12 kilogram, Apalagi, ada dampak inflatoir dari naiknya DPR akan tetap mempersoalkannya harga gas Elpiji. Setelah itu, Hatta dan Jero karena ada kesan kebohongan dalam Wacik pasti harus berkonsultasi dengan Bambang Soesatyo merumuskan kebijakan harga gas Elpiji. Presiden SBY sebelum memberi respons “Mengelola negara kok seperti final kepada Pertamina. menyetir Bajaj. Berbelok, injak rem, dan injak gas sesukanya,” Kesimpulannya sederhana saja; karena Pertamina tutur Bamsoet. sejak 1 Januari 2014 telah berani menaikkan harga gas Elpiji “Saya tetap memaknai kebijakan menaikkan 12 kilogram, berarti Presiden SBY dan para pembantunya harga gas Elpiji tabung 12 kilogram sebagai kebijakan telah menyetujui proposal Pertamina itu. Kalau tidak disetujui pemerintahan SBY-Boediono, bukan semata-mata SBY, Pertamina tidak akan berani menaikkan harga gas Elpiji. kebijakan PT Pertamina,” ujarnya. “Karena itu, saya menilai instruksi SBY kepada Ia memberi penjelasan dengan logika sederhana: Wakil Presiden Boediono agar mengadakan rapat Pertamina itu BUMN yang diikat dengan undang-undang. koordinasi dengan para pihak terkait untuk menyikapi Pertaminan harus tunduk kepada pemerintah, khususnya kenaikan harga gas Elpiji sebagai sikap kepura-puraan kepada presiden dan Menteri ESDM sebagai pembina. belaka. Presiden cuci tangan dan lagi-lagi tidak mau Apalagi, komoditas yang dikelola Pertamina sangat strategis. bertanggung jawab,” kata Bamsoet. “Jadi, kalau presiden dan Menko Perekonomian Semua kalangan, lanjut Bamsoet, perlu waspada mengatakan naiknya harga Elpiji 12 kilogram sebagai terjadap soal ini. “Saya curiga, mendekati pemilu ini aksi korporasi Pertamina, pernyataan itu sarat akan makin banyak peristiwa yang direkayasa untuk kebohongan. Pemerintah ingin mengambinghitamkan mendongkkrak elektabilitas melalui modus pencitraan,” Pertamina. Kenaikan harga ini tidak mendadak, tutur Bamsoet lagi. melainkan sudah direncanakan dan diketahui pemerintah,” tuturnya. ASN

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

15


POLITIK

Tokoh Pembohong 2013

SBY, Hatta Rajasa & Jero Wacik

Beri Ruang Bagi Perampok

16

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

foto: istimewa

Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Pemuda Pertambangan Indonesia, Fadhly Alimin Hasyim, menilai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik telah melakukan kebohongan publik tentang ekspor tambang mineral mentah.


foto: istimewa

POLITIK

“P

ejabat-pejabat ini pandai membuat undang-undang tapi tak mampu menjalankan peraturannya,” kata Fadhly dalam siaran pers yang diterima ASATUNEWS, Ahad (5/1). Fadhly menegaskan, aturan kewajiban perusahaan tambang mengolah dan memurnikan biji mineral di dalam negeri sudah jelas dan tegas. Dalam Pasal 103 Undang-Undang No 4 Tahun 2009 tentang Mineral dan Batubara,” katanya. Jika pemerintah konsisten melaksanakan undang-undang itu, tambahnya, penerimaan negara dan penyerapan tenaga kerja meningkat lebih dari 500 persen. Namun, yang terjadi justru pemerintah memilih membela pengusaha tambang asing dan swasta nasional. Caranya dengan merevisi Peraturan Pemerintah No 23 Tahun 2010 tentang Tata Cara Eksport Bahan Mineral Mentah. Dengan adanya revisi tersebut, perusahaan tambang asing (Freeport dan Newmont) serta 250 perusahaan swasta nasional diberi ruang kembali untuk merampok hasil sumber daya alam indonesia, lalu di jual murah ke luar negeri. “Apa yang dilakukan pemerintah, terutama oleh Hatta Rajasa dan Jero Wacik, ini sungguh merupakan pengkhianatan dan pelanggaran terhadap undang-undang,” ujar Fadhly. Apalagi, momentum ini dilakukan menjelang pemilihan umum 2014, yang notabene partai politik dan aktor-aktornya membutuhkan dana kampanye. “Menurut kami, ini adalah perampokan dan pengkhinatan luar biasa yang dilakukan pemerintah, dengan cara berkoloborasi dengan pengusaha asing dan swasta nasional,” tutur Fadhly.

Apa yang dilakukan pemerintah, terutama oleh Hatta Rajasa dan Jero Wacik, ini sungguh merupakan pengkhianatan dan pelanggaran terhadap undang-undang.

TYO

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

17


LapORANUTAMA

Jaket Jingga KPK Segera Dipakai

Choel dan Ibas Juga? Lewat serangkaian adegan yang kurang bisa diterima akal sehat, KPK akhirnya menahan Anas Urbaningrum. Akankah ada perlawanan dari kubu Anas?

18

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014


LapORANUTAMA

K

OMISI Pemberantasan Korupsi atawa KPK memenuhi janjinya, walau mulur begitu lama. Pada Jumat sore, 10 Januari 2014, pukul 18.45 WIB, KPK akhirnya menahan mantan Ketua Umum Partai Demokrat yang juga Ketua Presidium Perhimpunan Pergerakan Indonesia (PPI), Anas Urbaningrum. “Ini merupakan hari bersejarah buat saya. Insya Allah, hari ini merupakan bagian penting saya menemukan kebenaran dan keadilan,” ujar Anas dalam balutan rompi jingga KPK di depan Gedung KPK, Jakarta. Anas ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus Hambalang pada 22 Februari 2013 lalu. Penahanan Anas itu sebelumnya didahului dengan adegan-adegan awal yang mengusik akal sehat, kalau tidak ingin dibilang absurd. KPK yang ingin memeriksa melayangkan surat pemanggilan penyidikan dengan menyebut kasusnya adalah kasus Proyek Hambalang dan proyek-proyek lain. Dengan surat pemanggilan seperti itu, Anas pun mengutus kuasa hukumnya untuk datang ke gedung KPK. Mereka ingin menanyakan apa yang dimaksud dengan kasus proyek-proyek lain. Karena, menurut

mereka, surat pemanggilan itu harus jelas kasusnya. Menurut Juru Bicara PPI, Ma’mun Murod Al-Barbasy, surat perintah penyidikan KPK terhadap Anas memang menyebutkan soal adanya proyek-proyek lain. “Kami tanyakan kepada KPK, proyek-proyek lainnya itu apa. Ini hak Anas memperoleh penjelasan itu. Kalau kemudian Anas tidak juga memperoleh penjelasan dari proyek-proyek lainnya itu, akan jadi pertimbangan dari Anas untuk tidak mendatangi pemanggilan-pemanggilan berikutnya,” ujar Mamun. Ia bahkan mengatakan Anas sedang dilibatkan dalam perang kotor proses penegakan hukum. “KPK kemarin memanggil Suaidi Marasabessy sebagai saksi untuk Anas. Padahal, saat Kongres Partai Demokrat, beliau masih menjadi pengurus Partai Hanura sehingga tidak ada kaitannya dengan Kongres Partai Demokrat. Saya yakin orang seperti Suaidi, termasuk TB Silalahi, tidak tahu soal Kongres Partai Demokrat, tapi dipaksakan menjadi saksi,” kata Mamun. Soal harus jelasnya untuk kasus apa seseorang disidik dibenarkan oleh aktivis Jaringan Advokat Publik, Irwandi Lubis. “Kasus-kasus lain itu apa? Dalam hukum, semuanya harus jelas dan dijelaskan. Dengan begitu, Anas atau siapa pun bisa mempersiapkan diri untuk memberikan penjelasan, keterangan, atau pembelaan. Kalau tidak jelas, itu sama saja KPK menggiring orang untuk melakukan pembelaan sesat dan itu artinya KPK melanggar hak asasi manusia dalam konteks hak-hak hukum terhadap pembelaan diri seseorang,” ungkap Irwandi. Sebagai penegak hukum di negara demokrasi, lanjut Irwandi, KPK mestinya harus benar-benar menghargai kemerdekaan orang, sebagai hak asasi yang dibawa manusia sejak lahir. “KPK jangan seenak-enaknya melakukan pejemputan paksa, sementara orang yang dijemput paksa tidak tahu untuk apa dia dijemput paksa. Itu namanya penculikan dengan bertopengkan panjipanji hukum,” tutur Irwandi. Mengenai surat pemanggilan tersangka, tambah Irwandi, diatur dalam Pasal 112 ayat (1) KUHAP. Dalam pasal tersebut disebutkan, penyidik yang melakukan pemeriksaan, dengan menyebutkan alasan pemanggilan secara jelas, berwewenang memanggil tersangka dan saksi yang dianggap perlu untuk diperiksa dengan surat pemanggilan yang sah, dengan memperhatikan tenggang waktu yang wajar antara diterimanya pemanggilan dan hari seorang itu diharuskan memenuhi pemanggilan tersebut. “Dalam penjelasan Pasal 112 ayat (1) KUHAP dijelaskan, surat pemanggilan yang sah adalah surat panggilan yang ditandatangani oleh pejabat penyidik yang berwewenang. Juga harus disebutkan alasan pemanggilan secara jelas. Dalam praktiknya, ‘alasan pemanggilan yang jelas’ berarti surat pemanggilan disertai dengan uraian singkat mengenai perkara beserta pasal-pasal yang disangkakan,” tutur Irwandi.

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

19


LapORANUTAMA

Sikap Anas dan penasihatnya yang seperti itu membuat membuat Ketua KPK Abraham Samad mengatakan akan menjemput paksa Anas, siapa pun orang di belakangnya. “Kami akan memanggil ulang. Di dalam KUHAP dimungkinkan kami memanggil orang secara patut. Kalau pada saat panggilan secara patut tiga kali tidak datang, mohon maaf saya (KPK) akan jemput paksa, siapa pun orang di belakangnya,” kata Abraham usai menghadiri Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta, Selasa (7/1). Anas sebelumnya memang sudah dipanggil juga, yakni pada akhir Desember 2013 lalu, namun Anas juga enggan datang karena ketidakjelasan soal proyek-proyek lain itu. Menurut Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Johan Budi, surat pemanggilan itu tidak harus diberi judul. “Sprindik itu kan bukan buku yang harus diberi judul. Soal proyek lainnya, itu akan dijelaskan jika yang bersangkutan hadir besok,” kata Johan Budi di kantornya, Kamis (9/1). Dilanjut Johan, di mata KPK, Anas itu sama saja tidak ada yang istimewa. Anas akan tetap dipanggil sesuai prosedur yang berlaku. “Jika dipanggil tidak hadir, akan dipanggil lagi. Jika tidak hadir lagi, tanpa keterangan, bisa saja penyidik melakukan upaya paksa,” ujar Johan. Entah kenapa, proses penahanan Anas setelah ditetapkan sebagai tersangka tampaknya memang membuat KPK seperti linglung. Berbulan-bulan setelah penetapa Anas sebagai tersangka, KPK belum juga menahan Anas, sehingga banyak orang bertanya-tanya, ada apa dengan KPK. Tak pelak, tanda tanya itu kemudian melahirkan banyak spekulasi. Satu di antaranya adalah adanya

20

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

dugaan bahwa KPK sebenarnya tidak memiliki bukti yang cukup untuk menetapkan Anas sebagai tersangka, apalagi harus ditahan. “Status tersangka itu kan sudah dipesan, memang sudah diskenariokan, padahal KPK tidak punya apa-apa soal keterlibatan Anas di proyek Hambalang. Soal tuduhan gratifikasi mobil itu tak ada hubungannya dengan Hambalang. Mobil itu dibelikan oleh Nazaruddin dan uangnya bukan dari proyek Hambalang, seperti dituduhkan KPK. Apalagi, diketahui juga, Anas tidak mau menerima hadiah mobil itu dan kemudian mengirimkan uang ke Nazaruddin dengan harga lebih dari harga mobil itu di pasaran,” demikian antara lain spekulasi itu. Mungkin karena galau mendengar suara-suara kritis semacam itu, Ketua KPK akhirnya pada Ramadan tahun lalu, akhir Juli 2013, mengembuskan angin surga. Katanya, KPK akan menahan Anas setelah Idul Fitri. Hari pertama Idul Fitri itu bertepatan dengan 8 Agustus 2013. Namun, Abraham ingkar janji. Setelah Idul Fitri sampai menjelang akhir September, KPK belum juga menahan Anas. Bukannya malu, Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja malah sesumbar. Dengan pongahnya, Adnan mengatakan menahanan Anas Urbaningrum tidak sulit, pasca-ditahannya kader Partai Demokrat yang juga Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Alfian Malarangeng. Hanya tinggal menunggu waktu, katanya. “Hanya soal waktu. Untuk menahannya tidak sulit,” kata Adnan Pandu Praja kepada wartawan seusai acara penandatanganan kerja sama empat universitas di Yogyakarta, 25 September 2013 lalu . Menurut dia, proses tersulit justru menjelang penetapan Anas sebagai tersangka. Karena, penetapan Anas sebagai tersangka membutuhkan banyak data yang faktual. “Yang sulit itu proses menetapkan dia sebagai


LapORANUTAMA

tersangka. Harus dengan data-data yang faktual,” kata mantan Sekretaris Jenderal Komisi Kepolisian Nasional itu. Anas sendiri ditetapkan sebagai berdasarkan Pasal 12 huruf a atau huruf b atau Pasal 11 UndangUndang No 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah menjadi Undang-Undang No 20 Tahun 2001 tentang penyelenggara negara yang menerima suap atau gratifikasi, dengan ancaman pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 4 sampai 20 tahun dan pidana denda Rp 200 juta sampai Rp1 miliar. Anas diduga menerima hadiah atau janji berkaitan dengan proses perencanaan dan pelaksanaan pembangunan Pusat Pendidikan, Pelatihan, dan Sekolah Olahraga Nasional di Hambalang, Jawa Barat. Hadiah tersebut katanya diterima Anas saat masih menjadi anggota DPR pada 2009. Bentuknya berupa mobil Toyota Harrier senilai sekitar Rp 800 juta. Pemberinya adalah kontraktor PT Adhi Karya, untuk memuluskan pemenangan perusahaan tersebut. Sementara itu, Andi Alifian Mallarangeng yang juga telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tersebut telah ditahan KPK pada 17 Oktober lalu. Andi diduga menyalahgunakan wewenang yang mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp 463,66 miliar. Andi Mallarangeng ditahan terlebih dulu, padahal kalau dilihat dari alurnya seperti disangkakan KPK, mestinya Anas-lah yang ditahan lebih dulu, karena Anas katanya ketika itu sudah menjadi anggota DPR, jadinya berada di hulu. Desakan agar KPK segera menahan Anas juga datang dari berbagai pihak, termasuk dari mantan Ketua Komisi III DPR Gede Pasek Suardika, yang dikenal dekat dengan Anas dan merupakan Sekretaris Jenderal PPI. Begitu pula dengan banyak anggota Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Keluarga Alumni HMI, yang juga banyak rekan-rekan Anas di dalamnya. Bahkan, Agustus lalu, anggota Badan Pekerja Indonesia Corruption Watch (ICW) Emerson Yuntho bersikap sama, meminta KPK untuk segera menahan Anas Urbaningrum. Tapi, sampai akhir tahun 2013, Anas belum juga ditahan. KPK kemudian memeriksa berbagai orang agar bisa mengurung Anas. Salah satunya adalah Wakil Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat yang juga

Ketua DPR, Marzuki Alie. Syahdan, Anas akan dijerat dengan tuduhan penilapan uang negara lewat rencana pembangunan gedung DPR. Kabar burung pun berembus. Katanya, Anas memang sengaja ingin dibungkam dan dkriminalisasi untuk menutupi banyak kasus kejahatan banyak petinggi di negeri ini, termasuk kasus yang diduga melibatkan Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas, putra Yang Mulia Presiden Republik Indonesia cum penulis lagu cum penyair, Susilo Bambang Yudhoyono. Kabar itu juga mengatakan, sebelum ditetapkan sebagai tersangka, Anas terlihat terlebih dulu dituduh dan diopinikan sebagai koruptor besar, dihancurkan dan dibunuh karakternya, difitnah.“Tujuannya agar Anas mundur sebagai Ketua Umum Partai Demokrat. Karena, Anas sebenarnya tidak dikehenadaki sebagai ketua umum sejak awal. Ada yang kebelet mengingingkan Andi Mallarangeng sebagai Ketua Umum Partai Demokrat. Yang kebelet itu yang suka marah-marah itu,” tutur kabar tersebut, tanpa menjelaskan siapa yang dimaksud dengan “yang suka marah-marah itu”. Tapi, Anas ternyata tidak peduli. Dia tetap maju mencalonkan diri dan menang. Andi Mallarangeng pun gagal. Begitu pula Marzuki Alie. “Tapi, Marzuki Alie kemudian meminta penggantian uang pemcalonannya kepada Nazaruddin. Nazar memberi sekitar Rp 20 miliar, yang semuanya dalam bentuk dolar, diantarkan langsung malam-malam oleh Nazar bersama Johnny Allen, ke rumah Marzuki Alie di Halim. Ketika itu, Nazar diantar sopirnya dan ajudannya, Iwan. Semua ajudan Nazar kan dinamakan Iwan,” kata sumber kami. Untuk soal ini, Marzuki telah membantah. Sejarah mencatat kemenangan Anas dan dia pun menjadi ketua partai politik termuda di republik ini, partai politik yang sedang berkuasa pula. Namun, seiring itu dimulailah segala jenis operasi untuk menghancurkan Anas. “Semua cara digunakan, namun gagal total,” ungkap kabar itu lagi. Maka, langkah selanjutnya adalah, tambah kabar itu, Anas dipaksakan menjadi tersangka korupsi Hambalang. Ia dituduh menerima suap mobil Harrier dari Nazaruddin, yang uangnya disebut-sebut dari Hambalang. Anas pun lalu ditetapkan sebagai tersangka. Padahal, mobil itu diberikan ke Anas oleh Nazaruddin pada 12 September 2009, saat Anas belum menjadi pejabat negara atau DPR. Posisinya di Partai Demokrat pun masih ketua bidang politik, sementara Nazaruddin sudah menjadi Pelaksana Tugas Bendahara Umum Partai Demokrat. “Anas juga kaget diberi mobil itu, karena langsung atas namanya. Makanya, ia kemudian mengirimkan uang kepada Nazar, sebagai penggantian uang pembelian mobil. Malah, jumlahnya lebih besar dari harga mobil itu yang sebenarnya. Jadi, Anas itu sebenarnya membeli mobil, bukan dikasih oleh Nazaruddin,” tutur sumber kami. Menurut sumber kami itu lagi, uang untuk pembelian mobil itu juga bukan didapat Nazaruddin dari proyek Hambalang. “Tapi, dari proyek pembangunan fisik dan pengadaan barang Universitas Airlangga, Surabaya. Anas juga pasti tidak tahu ini, mengingat posisi Nazaruddin ketika itu di Partai Demokrat lebih strategis daripada Anas. Proyek di Universitas Airlangga ini melibatkan seorang profesor yang menjadi besan Sudi Silalahi dan juga petinggi universitas itu yang katanya dekat dengan Presiden SBY,” kata sumber kami lagi. Soal posisi Nazaruddin di Partai Demokrat itu juga sebenarnya bisa menjawab bahwa Nazaruddin ditempatkan di posisi strategis Partai Demokrat, sebagai

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

21


LapORANUTAMA

bendahara umum, bukan atas kemauan Anas, seperti diduga banyak kalangan selama ini. Apalagi, Nazaruddin dibawa ke Partai Demokrat juga bukan oleh Anas, tapi oleh salah seorang pendiri Partai Demokrat yang pernah diperiksa dan dicekal KPK dalam kasus korupsi pengadaan pembangkit listrik tenaga surya, Bertha Herawati. “Anas dan Nazaruddin itu sama-sama baru di Partai Demokrat, tapi kemudian Nazaruddin diminta menjadi Pelaksana Tugas Bendahara Umum Partai Demokrat, setelah bendahara yang lama wafat. Dari sini saja bisa diduga, siapa sebenarnya yang membuat skenario yang menempatkan Nazar sebagai mesin penghasil uang bagi Partai Demokrat, yang kemudian malah terjungkal dan terperangkap dalam banyak kasus dugaan korupsi. Semua orang paham, siapa pun yang duduk sebagai bendahara partai, partai mana pun, pasti diberi tugas untuk mencari uang sebanyak-banyaknya untuk kepentingan partai. Dan, karena Partai Demokrat adalah partai yang berkuasa, Nazar dan banyak kader Partai Demokrat lain pun banyak melakukan korupsi di proyek pemerintah, proyek negara, yang notabene dibiayai oleh rakyat, seperti bisa kita lihat beritanya di banyak media massa,” papar sumber kami itu. Terkait kasus Hambalang, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Alfian Mallarangeng, pun memang ditahan lebih dulu. Publik pun seakan menarik napas lega, karena akhirnya mata Dewi Keadilan tetap tertutup, tidak ingin memandang siapa pun. Apalagi, Andi Mallarangeng merupakan menteri pertama dalam pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang ditahan KPK. Namun, penahanan itu kemudian ditafsirkan banyak pihak sebagai upaya pengalihan isu oleh rezim yang disebut para tokoh lintas agama sebagai rezim yang penuh kebohongan tersebut. Alasannya, penahanan Andi Mallarangeng dilakukan ketika bangsa ini sedang dihebohkan oleh soal Bunda Putri alias Sylvia Soleha alias Bu Pur. Perempuan ini adalah istri dari Kepala Rumah Tangga Puri Cikeas, Purnomo, teman seangkatan SBY di Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia. “Kenapa Hambalang mendadak naik pentas setelah lama tidak terdengar, padahal dari jauh hari, untuk korupsi Hambalang, audit BPK tahap pertama sudah mencantumkan 25 nama pelaku korupsi dan tahap kedua 15 nama. Di luar 40 nama itu, BPK

22

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

juga menyebut Sylvia Soleha (Bunda Putri), Choel Malarangeng (CM), Paulus Nelwan, dan lain-lain sebagai pelaku utama korupsi Hambalang? Nama tiga orang itu bahkan sudah tercantum di beberapa BAP pemeriksaan saksi-saksi. CM bahkan sudah mengakui menerima suap puluhan miliar, tapi tidak disentuh KPK. Tidak ditetapkan sebagai tersangka. Kenapa? Dugaan korupsi CM di Hambalang sekitar Rp 77 miliar. Pertama, dia mengakui Rp 6 milliar. Kemudian dia ralat jadi hanya Rp 2 milliar dan KPK manut saja,” ungkap Ketua Presidium Nasional Majelis Kedaulatan Rakyat Indonesia, Ratna Sarumpaet, dalam status salah satu akun Facebook-nya. Kenapa KPK demikian takut menetapkan Choel Malarangeng sebagai pelaku utama korupsi Hambalang dan tidak berani menahannya? “Dugaan utama, dari semua analisis, adalah adanya tekanan Istana/Cikeas dan tentu saja tidak mandirinya KPK,” ungkap Ratna lagi. Kenapa Istana atau Cikeas tidak ingin atau takut Choel Malarangeng ditahan atau ditersangkakan? “Karena konon CM sangat dekat dengan Ibas (Prince of Cikeas) dan kalau KPK menahan CM dan CM tidak sanggup menyimpan rahasia Cikeas, celakalah Cikeas,” tulis Ratna lagi. Lalu, rahasia besar apa rupanya yang disimpan Choel Malarangeng sehingga dia bisa memaksa Istana atau Cikeas menyandera KPK untuk tak menyentuh dirinya? “Karena konon CM tahu persis korupsi-korupsi Istana/Cikeas. Tahu bagaimana Bunda Putri menjadi ratu bayangan yang diberi wewenang memunguti suap dari/ di mana-mana. Dan sudah jadi rahasia umum bahwa CM merupakan salah satu pelaku utama dalam proyek suap Istana/Cikeas, bahkan menjadi loket penyaluran suap dari pejabat-pejabat pengusaha/BUMN ke Cikeas,” papar Ratna. Singkat kata, lanjut Ratna, Choel Malarangeng memang menyimpan rahasia Cikeas yang terkait dengan aliran dana, termasuk penggunaan dana korupsi Bank Century. “Jangan lupa, CM adalah pimpinan FOX Indonesia, mesin opini dan pencitraan Partai Demokrat/ SBY, pernah disebut-sebut punya hubungan spesial dengan Hartati Murdaya. CM adalah tim sukses inti lingkaran dalam keluarga Cikeas dan panglima kampanye SBY di media-media massa nasional,” ungkap Ratna. Namun, tambah Ratna, apa yang ia tulis itu merupakan rangkuman dari berbagai analisis, belum jadi kebenaran. “Untuk membuatnya jadi kebenaran, kita menanti kemandirian KPK. Jadi, rakyat jangan sampai lengah.


LapORANUTAMA

Jangan sampai Bunda Putri buron dan isu korupsinya raib. Kalau rakyat ingin kemelut korupsi yang menyandera negeri tercinta ini bertahap terkuak, rakyat wajib mendesak KPK agar menuntaskan kasus Bunda Putri. Sebab, kalau Sylvia Soleha, Andi Mallarangeng, dan Choel Mallarangang menjadi tersangka dan KPK mampu membuat mereka buka mulut, kita tinggal mengucapkan ‘good bye Cikeas dan selamat datang Indonesia baru’,” ungkap Ratna. Namun, soal mencuatnya nama Ibas terkait penerimaan uang dari Nazaruddin, yang jauh sebelumnya juga pernah diungkapkan oleh saksi Yulianis di persidangan Nazaruddin, Ketua KPK Abraham Samad bagai sedang kebarakan jenggot langsung membantahnya. Pada 12 Desember 2013, dalam sebuah acara di Jakarta Pusat, Abraham Samad mengatakan Yulianis sebagai orang yang aneh. “Yulianis itu orang ini orang aneh. Kalau dia diperiksa di KPK, dia tidak pernah menyebut nama ini (Ibas). Ini terus terang saja, kalau dia sebut kami sudah panggil orang ini. Ini yang harus diclear-kan supaya tidak salah paham,” ujar Samad. Mendengar itu, Yulianis pun meradang. Pada hari yang sama, perempuan berkerudung itu menulis surat terbuka untuk Ketua KPK Abraham Samad lewat akun Twitter-nya, @yulianis13450. Menurut Yulianis, Samad adalah orang yang sangat sembrono dan kesembronoan

Samad membuat KPK blunder. “Bapak bilang, di BAP, saya tidak menyebut nama Ibas berarti Bapak belum baca BAP saya. Tolong Bapak baca baik-baik agar Bapak tidak sembrono. Jadi, Pak Samad yang terhormat dan tidak aneh, terima kasih atas cap aneh Bapak kepada diri saya. Cukup di mata Bapak saja saya di bilang aneh, bukan di mata Allah, keluarga, dan teman,” ungkap Yulianis di akun Twitter-nya. Tidak sampai di situ, Yulianis yang mantan Wakil Direktur Keuangan Permai Grup, kemudian mendatangi KPK pada 17 Desember 2013. Yulianis datang sendiri saja ke KPK, tanpa ajudan atau pun pendamping, padahal dia sedang berada dalam perlindungan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban. Dengan penampilan khasnya yang selalu memakai pakaian gamis bercadar, Yulianis memaparkan maksud kedatangan hanya ingin menyampaikan kekecewaannya kepada pucuk pimpinan KPK, Abraham Samad, yang menurut dia sudah bersikap tidak logis terhadap BAP-nya. Sepucuk surat bantahan yang ditujukan langsung kepada Abraham Samad itu pun ia perlihatkan kepada wartawan. Di dalam surat tersebut Yulianis menyatakan keberatan atas ucapan Abraham Samad yang menyebutkan Yulianis adalah orang yang aneh dan tidak perlu dipercaya mengenai keteranganan adanya nama Ibas dalam BAP-nya. “Sampai kapan pun saya akan bersaksi walau KPK bilang saya aneh dan saya hanya meminta Abraham Samad menarik ucapannya itu,” tuturnya. Dalam suratnya itu, Yulianis juga mengatakan dirinya pernah berbicara kepada penyidik saat kasus Wisma Atlet, yakni Novel Baswedan, Arif Adyarsa, Sigit, dan Taufik. “Tapi saya tidak ingat apakah hal tersebut masuk dalam BAP Wisma Atlet,” tutur Yulianis. Namun, bukannya mengklarifikasi soal ini, Abraham Samad malah melecehkan Yulianis lagi. “Bukan level saya mengomentari Yulianis. Itu levelnya penyidik. Masa harus saya?” katanya, 30 Desember 2013 lalu. Bagaimana akhir perkara ini? Kita lihat saja apa yang terjadi. Karena, seperti pernah diungkapkan Anas, penetapan dirinya dulu sebagai tersangka baru merupakan halaman pertama dari sebuah buku. Adakah penahanan dirinya sudah masuk halaman kedua? Boleh jadi begitu. Tapi, di dunia ini jarang sekali ada buku yang hanya berisi dua halaman, apalagi buku politik. “Saya berterima kasih karena hari ini saya ditahan. Yang tanda tangan penahanannya adalah Pak Abraham Samad. Terima kasih kepada Pak Abraham Samad. Terima kasih kepada para penyidik, yang hari ini memeriksa saya adalah Bang Ambangkarsa dan Bambang Sukoco. Terima kasih juga dulu kepada tim penyidik yang dipimpin oleh Heri Murianto dan juga yang lain-lain. Di atas segalanya tentu saya terima kasih yang besar kepada Pak SBY. Mudah-mudahan peristiwa ini punya arti, punya makna, dan menjadi hadiah Tahun baru 2014. Yang lain-lain nanti saja. Yang saya yakin adalah bahwa, ketika kita berjuang tentang kebenaran dan keadilan, saya yakin betul ujungnya kebenaran akan menang. Terima kasih,” kata Anas sebelum masuk sel tahanan KPK, Jumat (10/1). Akankah Anas akan menyusun kekuatan dan melakukan perlawanan terhadap kesewenang-wenangan yang menimpa dirinya? “Bagaimana langkah selanjutnya? Itu bukan urusan kami,” kata I Gede Pasek Suardika dalam konferensi pers di Rumah Pergerakan, Jakarta, yang digelar beberapa jam setelah Anas ditahan KPK. Purwadi

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

23


Sorot

MPR Kecam Polisi atas Pengrebekan Terduga Teroris Ketua Majelis Pemusyawaratan Rakyat (MPR) Sidharto Danusubroto mengkritik penggerebekan yang dilakukan oleh Densus 88 terhadap enam anggota terduga teroris di Ciputat tangerang Selatan (1/1/14) dinihari.

“P

Ditempat yang sama, Wakil Ketua MPR, Hajriyanto Thohari, menjelaskan apa yang dilakukan oleh Densus 88 dengan menembak mati para terduga teroris tersebut tidak akan memberikan pencerahan. ''Kalau ditembak mati, maka proses hukumnya tidak akan berjalan. Harusnya pada terduga teroris tersebut dilumpuhkan saja,'' jelasnya. Dia mengatakan jika hanya melumpuhkan para terduga teroris tersebut kepolisian bisa mengungkap siapa jaringan lainnya yang bekerja sama dengan kelompok teroris tersebut. Seperti diketahui, Densus 88 melakukan penggerebekan di kediaman terduga teroris pada saat malam tahun baru 2014. Penggerebekan tersebut menewaskan enam anggota terduga teroris. Sedangkan satu anggota lainnya, berhasil ditangkap hidup-hidup.

foto: istimewa

olri harusnya punya cara-cara yang cerdas untuk meminimalisir jatuhnya korban,''ujar Sidharto di Gedung DPR RI, Kamis (2/1/14). Dirinya pun meminta kepada para pemimpin di kepolisian untuk melakukan evaluasi terhadap proses penindakan orang yang diduga terlibat dalam kelompok teroris. ''Meski dalam kenyataannya, upaya penangkapan tidak semudah yang diduga. karena para terduga teroris ini melakukan perlawanan,''ucapnya.

24

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014


SOROT

foto: istimewa

Wiranto: Jangan Tembak Mati Teroris

Wiranto

Mantan Panglima TNI Jenderal Purnawirawan Wiranto mengatakan bahwa Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror seharus tidak menembak mati anggota jaringan teroris yang hendak ditangkap. "Terorisme itu jaringan. Bahkan, jaringan internasional," katanya di sela-sela acara Dialog Kebangsaan di Auditorium Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Sabtu. Oleh karena itu, kata dia, untuk membongkar jaringan teroris membutuhkan informasi yang banyak. "Hemat saya, jangan tembak mati. Tangkap tangan untuk kemudian kita korek informasinya, jaringannya bisa kita buka lebih luas lagi," kata calon presiden dari Partai Hati Nurani Rakyat ini. Disinggung mengenai kemungkinan perlu dilakukan evaluasi terhadap Densus 88 Antiteror, dia enggan memberikan komentar. "Terserah kepada yang bersangkutan, jangan saya. Saya nanti campur tangan urusan mereka, tidak boleh," katanya. Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri meggerebek rumah kontrakan di Jalan KH Dewantoro Gang H Hasan RT 04/07 Kampung Sawah, Tangerang Selatan pada Selasa (31/12) malam hingga Rabu (1/1) dini hari. Operasi tersebut menyebabkan enam terduga teroris tewas yakni Nurul Haq alias Dirman, Ozi alias Tomo, Rizal alias Hendi, Edo alias Ando, dan Amril. Satu orang lainnya mati ditembak di jalan ketika mengendarai motor yakni Daeng alias Dayat. Polisi juga menemukan enam bom pipa, enam senjata api, lima buah golok, beberapa bahan kimia dan rangkaian elektronik yang diduga digunakan dalam perakitan bom. Kontrakdiksi dengan yg lain Polisi malah mengatakan

Membunuh Terduga Teroris Dibenarkan Hemat saya, jangan tembak mati. Undang-Undang?

Tangkap tangan untuk kemudian kita korek informasinya, jaringannya bisa kita buka lebih luas lagi.

Terlepas dari anggapan manusiawi atau tidak, aksi Detasemen Khusus 88 Anti-teroris menembak mati para terduga teroris dianggap tidak melanggar hak asasi manusia (HAM). Bahkan, menembak mati teroris diklaim sebagai hal yang sah secara undang-undang. Demikian disampaikan Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia, Brigadir Jenderal Boy Rafli Amar di kantornya, Jumat (3/1). "Pada dasarnya, kami bertindak sudah sesuai dengan prosedur yang berlaku, sesuai dengan undangundang. Jadi, tidak ada yang melanggar hukum di situ," tuturnya. Seperti diketahui, Rabu (1/1), Densus 88 berhasil menembak mati enam kawanan yang diduga teroris di kawasan Kampung Sawah, Tangerang Selatan. Terjadi baku tembak sebelumnya, karena muncul perlawanan dari pihak terduga teroris. Sementara itu, Ratna Sarumpaet, aktivis yang Ketua Majelis Kedaulatan Rakyat Indonesia, mengatakan membunuh terduga teroris tanpa lebih dulu diadili adalah pelanggaran hak asasi. “Delapan puluh persen terorisme dan konflik antar-pemeluk agama di Indonesia

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

25


Sorot

Foto: istimewa

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri, Brigadir Jenderal Polisi Boy Rafli Amar.

Pada dasarnya, kami bertindak sudah sesuai dengan prosedur yang berlaku, sesuai dengan undang-undang. Jadi, tidak ada yang melanggar hukum di situ.

26

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

adalah rekayasa aparat negara. Rekayasa itu fitna terhadap rakyat, tidak hanya bagi umat Islam, tapi seluruh rakyat,� tutur Ratna dalam siaran pers-nya. Bahkan, dalam situs pribadinya, ratnasarumpaet. com, Ratna menayangkan liputan video yang berisi antara lain bagaimana petinggi di negeri ini, termasuk wakil rakyat, membahas persoalan teroris dengan cekikikan dan begitu bangganya mereka dengan pemberian dana dari negara-negara Barat. Detasemen Khusus 88 Anti-terorisme Kepolisian Republik Indonesia patut mendapat acungan empat jempol. Karena, seperti Kepala Biro Penerangan Masyarakat Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia, Brigadir Jenderal Boy Rafli Amar di kantornya, Jumat (3/1), mereka mampu melumpuhkan teroris sampai meninggal dunia dan mememtakan jaringan mereka dalam waktu yang relatif singkat. Berikut petikan penuturan Boy Rafli. “Dari hasil penyelidikan terhadap 17 tersangka terorisme jaringan Abu Roban yang telah ditangkap 7, 8, 9 Mei 2013 di Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Lampung serta dari jaringan Beji-Depok yang dipimpin oleh kelompok Ahmad Sofyan alias Acong, dilanjutkan dengan upaya penyelidikan dan penangkapan di warnet Jalan Alternatif Kemranjen, Banyumas, Purwokerto, Jawa Tengah, terhadap tersangka Anton alias Septi, ditangkap pada 30 Desember 2013 sekitar pukul 14.00 WIB. Barang bukti yang dilanjutkan dicari di tempat tinggalnya, yaitu, pertama, laptop merek Toshiba, satu flashdisk, CPU, sepucuk pen gun, sembilan butir peluru kaliber 38, sangkur, tiga unit HP, uang sejumlah Rp 10 juta, dan satu kartu ATM. Berdasarkan pengembangan


SOROT

hasil pemeriksaan terhadap tersangka Anton alias Septi, pada tanggal tersebut, yaitu pada malam hari sekitar pukul 19.00 WIB, telah dilakukan penangkapan terhadap tersangka Hidayat alias Dayat di Jalan KH Dewantara, Kampung Sawah, Kelurahan Ciputat, Tangerang Selatan. Pada saat dilakukan penangkapan, tersangka sedang mengendarai sepeda motor bersama warga. Pada saat dilakukan penangkapan sempat terjadi kontak tembak senjata dengan petugas, sehingga pada saat itu petugas kami menggunakan senjata api untuk melumpuhkan yang bersangkutan dan kemudian dibawa ke rumah sakit dan kemudian diketahui telah meninggal dunia, sehingga dapat dilakukan penyitaan terhadap pistol, amunisi kaliber 38 spesial, sepucuk pen gun, sebuah pistol lipat. Kemudian dilakukan penangkapan terhadap kelompok Hidayat alias Dayat alias Kacamata. Disebut Dayat Kacamata karena profesinya berdagang kacamata. Berdasarkan keterangan Anton alias Septi, tersangka lainnya terdapat lima orang dalam rumah tersebut, yaitu Fauzi alias Fahruzi, Nurul Haq alias Jeck, Rizal Alif Makmur alias Agung Primus alias Primus, Hendi Albar, dan Mister X diduga Edo. Saat dilakukan penangkapan terhadap lima orang tersebut terjadi perlawanan dari para tersangka yang sebelumnya terlebih dahulu telah diberikan peringatan atau imbauan agar menyerahkan diri dari tempat atau rumah tersebut. Namun, para tersangka melakukan perlawanan ke arah petugas dan melempar granat sehingga petugas melakukan tindakan tegas, yang mengakibatkan para tersangka meninggal dunia. Saat dilakukan penangkapan terhadap lima tersangka tersebut berupa barang bukti ada tujuh pucuk senjata api dan barang bukti lainnya. Selanjutnya pada hari itu juga, 1/1/2014, pada pukul 15.00 telah dilakukan penggeledahan terhadap

sebuah kontrakan tersangka Hidayat, di Jalan Delima Jaya, Kampung Setu Nomor 69 RT 8/2, Kelurahan Rempoa, Kecamatan Ciputat Timur, Tangsel, dilakukan penyitaan terhadap sejumlah barang bukti. Keterlibatan tersangka Anton pada bulan lalu dengan 11 orang lainnya, yaitu Deko, Sofyan alias Acong, Bram, Dayat, Salman, Wahyu, Cahyo alias Yoyo, Dede, Yusuf Ambon, Tedi Koswara, dan Fahri. Melakukan pengeroyokan terhadap dua anggota Polantas di daerah Jonggol pada Juni 2012. Bersama Anwar berangkat ke Solo untuk berlatih membuat bom, bersama Badri Hartono dan Rudi. Pada Agustus 2012 belajar membuat bom dan menguji peledakan bom di Ciamis, Pondok Pesantren Nurul Salam, bersama Nurul Haq, Wiliam Maksum, Anwar, Salim, Ismail, Usatz Haris, dan Fajar Sidiq.� Demikian antara lain penjelasan Boy Rafli, yang aslinya sangat panjang dan sarat info mengenai motif dan peta jaringan teroris serta berbagai aksi perampokan dan pembunuhan yang lakukan para terduga teroris itu. Kalau dicermati seluruh keterangan Boy Rafli tersebut, mungkin akan muncul sederet pertanyaan. Tapi, bisa juga ditarik beberapa kesimpulan, antara lain kelompok teroris itu pasti kelompok abal-abal alias kelas kambing karena begitu mudahnya mereka membuka mulut, membocorkan rahasia jaringan dan mengakui perbuatan mereka. Tapi, boleh jadi, Detasemen Khusus 88 Antiterorisme Polri memang jago, sejago guru mereka di Amerika Serikat dan negara-negara sekutunya. Sayangnya, kalau para terduga teroris di negara-negara lain seakan ada masa kedaluwarsa-nya, orang-orang yang diduga teroris di negeri kita seakan tidak ada habis-habisnya, bak kata pepatah: mati satu, tumbuh seribu. Tidakkah itu mengherankan? ASN

Foto: istimewa

Para anggota tim anti teror Densus menjaga ketat lokasi penangkapan terduga teroris dan lokasi penggeledahan.

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

27


Sorot

IPW: Sinetron Teroris Indonesia Police Watch (IPW) menilai ada kesan mendramatitasi yang dilakukan Polri melalui Tim Densus 88 dalam penggerebekan terduga teroris di Ciputat, Tangerang Selatan, pada malam tahun baru 2014.

“M

foto: istimewa

emang sangat menarik untuk dianalisa penggerebakan terduga teroris di Ciputat, yang kemudian berlanjut ke Banyumas dan Rempoa. Menariknya penggerebekan ini dilakukan dalam suasana malam tahun baru, seolah Polri ingin membangun suasana dramatis, sehingga isu penggerebekan teroris ini ibarat adegan sinetron,” kata Ketua Presidium IPW Neta S Pane, melalui pesan singkat yang diterima di Jakarta, Kamis malam.

Neta mempertanyakan ada apa di balik penggerebekan terduga teroris itu, karena kerap dilakukan di bulan Desember. Padahal menurut dia, kalau Polri mau, para teroris bisa ditangkap kapan saja, sebab data sejumlah terduga teroris tersebut sudah diketahui, termasuk tempat-tempat persembunyiaannya. Dia menilai penangkapan teroris di setiap Desember bak menjadi agenda sibuk Tim Densus 88. Modus itu, hampir sama dengan penggerebekan pabrikpabrik narkoba. IPW berharap kondisi itu dicermati Polri, agar tidak muncul kesan ada kepentingan tertentu dari polisi atas penggerebekan tersebut. “Kepentingan yang dimaksud di sini adalah isu teroris tersebut sempat disinggung-singgung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yang mengatakan menjelang Natal dan tahun baru akan ada ancaman teroris. Fakta ini menunjukkan sesungguhnya patut diduga mereka (pemerintah) sebenarnya sudah tahu tentang keberadaan teroris itu,” kata dia. Neta menilai penggerebekan di malam pergantian tahun atau tahun baru juga melahirkan kesan “teroristaiment” yang sarat dengan kepentingan pencitraan pemerintah. “Lalu siapa yang bisa membuktikan kalau orang-orang yang disebut sebagai teroris itu merupakan penembak polisi, ‘wong’ keenamnya sudah mati ditembak polisi. Dan penembakan Nurul dan Hendi (dua terduga teroris penembak polisi yang tewas saat penggerebekan) bukan mustahil untuk membungkam semua keanehan tersebut, agar keduanya tidak membuka suara di pengadilan,” ujar dia. Sebelumnya, sejak Selasa (31/12) sore hingga Rabu (1/1) pagi tim Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri dan Polda Metro Jaya melakukan penggerebekan di sebuah rumah kontrakan di Kelurahan Kampung Sawah, Ciputat, Tangerang Selatan. Dalam penggerebekan yang disertai baku tembak itu, enam terduga teroris yang diduga bagian dari kelompok Abu Roban tewas. Terduga teroris yang tewas adalah Nurul Haq alias Dirman, Ozi alias Tomo, Rizal alias Hendi, Edo alias Ando, dan Amril. Sementara satu orang sebelumnya tewas ditembak di ujung Gang Hasan ketika mengendarai motor adalah Daeng alias Dayat. ASN

28

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014


SOROT

Iklan Layanan Masyarakat ini dipersembahkan oleh ASATUNEWS.COM untuk mencari Presiden Indonesia. ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

29


foto: istimewa

EKONOMI

Smelter, Antara Nilai Tambah, Ekonomian dan PHK Sebagai konsekuensi diberlakukannya UndangUndang No 4/2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara (UU Minerba) perusahaan tambang yang beroperasi di Indonesia, baik berstatus Penanaman Modal Asing (PMA) atau Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) mereka diwajibkan untuk membangun smelter (pengolahan bahan mentah tambang menjadi bahan jadi.

P

erusahaan tambang kecil maupun besar seperti PT Freeport Indonesia tidak dibenarkan lagi mengolah bijih tembaga maupun emas yang mereka ambil dari Gunung Grasberg di Tembagapura, Papua ke perusahaan pengolah di luar Indonesia.

30

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

Kebijakan ini sebagai Implementasi UU No. 4/2009 tentang Mineral dan Batubara (UU Minerba) yang disertai larangan ekspor bijih mineral tambang (ore) pada 12 Januari 2014 mendatang bakal menjadi tantangan tersendiri bagi sektor ketenagakerjaan. Betapa tidak, diperkirakan aka nada sekitar 800.000 pekerja dari sektor pertambangan terancam pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat penerapan UU itu. Kendati UU tersebut sudah diterbitkan 5 tahun lalu, aturan teknis tentang penerapan UU itu baru keluar pada 2012 atau kurang dari setahun UU tersebut harus dijalankan secara konsisten dan utuh. Sementara itu, untuk membangun smelter yang memungkinkan pengolahan dan pemurnian bijih mineral tambang itu hingga tahap 99,9% sesuai amanat UU Minerba, perusahaan mineral tambang membutuhkan 3 sampai 5 tahun. Kondisi ini dengan persyaratan, segala perizinan, pembebasan lahan, infrastruktur pendukung seperti pasokan listrik, dan pendanaan sudah tersedia.


EKONOMI

Pada kenyataannya, hingga kini belum ada satupun smelter yang dibangun kecuali smelter yang sudah existing. Kapasitasnya pun terbatas, sehingga tidak mampu menyerap seluruh produksi mineral di dalam negeri. PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) dan PT Freeport Indonesia (Freeport) misalnya dua perusahaan yang memproduksi mineral tembaga hanya bisa memasok masing-masing 20% dan 40% produksi mineral tembaga untuk diolah di dalam negeri. Dengan adanya larangan ekspor bijih mineral, sekitar 80% konsentrat tembaga milik NNT dan 60% konsentrat tembaga Freeport tidak bisa diekspor. Jika larangan ekspor tetap dijalankan, yang paling mungkin dilakukan kedua perusahaan tersebut adalah menjalankan operasional perusahaan dengan bertopang pada masing-masing 20% dan 40% produksi konsentrat tembaga yang bisa diserap di dalam negeri. Namun, kondisi ini tentu saja mengimplikasikan adanya perampingan bahkan tutup operasi dengan konsekuensi adanya PHK sejumlah karyawan dan kontraktor. Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi mengatakan pembangunan smelter sudah tidak visible lagi. Alasannya, harga hasil tambang tidak bagus seperti 2009. “Makanya banyak pengusaha mengurungkan niat pembangunan proyek smelter tersebut,” katanya Sofjan Wanandi. Tak pelak, kalangan pengusaha meminta pemerintah untuk mengkaji ulang larangan ekspor bahan mineral tersebut. Sofjan mengatakan pemerintah dan parlemen harus menghitung dampak dari penerapan UU No. 4/2009 yang berisiko menambah jumlah pengangguran. Berdasarkan informasi dari asosiasi perusahaan tambang yang diperoleh Apindo, ada sekitar 800.000 pekeria yang terancam di-PHK. “Namun pekerja yang bakal terdampak langsung sebanyak 300.000 orang,” kata Sofjan. Sisanya, sekitar 500.000 pekerja tambang masih bisa melakukan kegiatan lain atau mencari pekerjaan lain karena bukan merupakan pegawai tetap dari perusahaan tambang. “Mereka merupakan pekerja alih daya yang dipekerjakan di kawasan tambang.” Dari 300.000 jumlah pegawai tetap yang terancam diberhentikan, perusahan tambang jelas kesulitan untuk membayar pesangon yang dinilai cukup tinggi. “Bayangkan saja jika gaji mereka rata-rata Rp20 juta. Berapa total pesangon yang harus dibayar oleh perusahaan tambang untuk tenaga kerja yang terhitung ahli dan profesional tersebut?” Daisy Primasari, Juru bicara Freeport Indonesia, sudah dengan tegas mengungkapkan dengan berjalannya undang-undang tersebut, Freeport jelas hanya mampu mengoperasikan 40% dari sistem produksi. “Freeport akan sangat sulit menjalankan rencana optimistis perusahaan jika pemerintah menjalankan pelarangan ekspor bahan mineral, termasuk konsentrat. Itu bukan preferensi kami,” katanya, baru-baru ini. Ketua Persatuan Unit Kerja (PUK) Serikat Pekerja Tambang Samawa (SPATS) PT NNT Iwan Setiawan mengakui Newmont tentu sanggup membayar pesangon karyawan. Namun, yang patut dicemaskan adalah kesinambungan perekonomian di daerah. Kabupaten Sumbawa Barat sangat bergantung pada keberadaan NNT. Dengan adanya larangan ekspor bijih mineral, NNT akan tutup dan nilai tambah untuk

masyarakat Kabupaten Sumbawa seketika terhenti. “Dampaknya bukan saja soal PHK, tetapi secara keseluruhan untuk perekonomian di daerah. Karyawan di PHK, sejumlah keluarga bakal kehilangan pendapatan, ekonomi masyarakat mati dan gejolak sosial bakal muncul,” katanya. Direktur Eksekutif Indonesian Resources Studies (IRESS) Marwan Batubara mengatakan, Pemerintah tidak konsisten dalam melaksanakan Undang-Undang No 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral Dan Batubara dengan berencana merevisi peraturan pemerintah (PP) dan Peraturan Menteri tidak juga dulakukan dengan serius. “Sikap pemerintah yang melunak terlihat sangat dipengaruhi asing, terutama perusahaan tambang besar seperti perusahaan asal Amerika Serikat PT Freeport Indonesia dan PT Newmont,” tegas Marwan di Jakarta Kamis (9/1-2014). Menurut Marwan kebijakan hilirisasi mineral adalah reformasi pengelolaan pertambangan yang sangat sesuai dengan semangat nasionalisme. Kebijakan hilirisasi ditetapkan agar Indonesia menjadi tuan atas sumber kekayaan mineral tambang, yaitu dengan menguasai, menambang dan mengolah bijih mineral tersebut hingga ke berbagai produk turunan di hilir sebagai produk akhir. Menurut pengamat pertambangan Kurtubi pemerintah harus membuat surat kontrak baru dengan kontraktor pertambangan yang dalam isi kontrak itu mereka berjanji membangun smelters dalam jangka waktu dua tahun, kalau dalam jangka dua tahun mereka tidak juga membangun smelter, pemerintah harus tegas dan memutuskan kontrak yang sudah dijalankan. “Apalagi perusahaan tambang besar tidak ada alasan untuk tidak bisa membangun smelters dengan alasan fasilitas infrastrukturnya tidak memadai, saya menilai saat ini perusahaan tambang besar tidak punya niat untuk membangun infrastruktur dikawasan pertambangannya, “ tegas Kurtubi. UU Minerba sebenarnya merupakan upaya pemerintah untuk mewarisi nilai luhur dari UUD 1945 Pasal 33 Ayat 2 dan 3 yang mengamanatkan cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara. Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya untuk rakyat. Melalui peningkatan nilai tambah di dalam negeri, pengolahan dan pemurnian mineral itu bakal memicu industrialisasi yang pada gilirannya berdampak pada peningkatan perekonomian bangsa dan masyarakat Indonesia. Namun, penerapan aturan yang terburu-buru dan tidak matang bakal memakan banyak korban. Tentu saja bertentangan dengan semangat mulia meningkatkan nilai tambah di dalam negeri. Presiden Direktur NTT Martiono Hadianto dalam siaran persnya beberapa waktu lalu mengatakan, pihaknya sudah melakukan proses pengolahan dan pemurnian mineral tembaga menjadi konsentrat hingga ke tahap 95%. Peningkatan mutu mineral itu sudah setaraf dengan harga produk akhir logam tembaga di pasaran internasional. Secara teknis dan ekonomis, pihaknya tidak mungkin membangun smelter. Karena itu, pihaknya bekerja sama dengan perusahaan lain dalam hal membangun smelter. Pengamat Pertambangan MS Marpaung mengatakan, bijih mineral (ore) merupakan batuan yang baru diangkat

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

31


EKONOMI

dari hasil tambang kemudian dilakukan proses pengolahan dan peleburan sehingga menjadi konsentrat. Di sisi lain, pemerintah menilai proses ore menjadi konsentrat belum merupakan bagian pengolahan. Padahal, proses mengubah batuan yang digali itu sebenarnya merupakan proses pengolahan dan pemurnian. “Isu-isu seperti ini yang menimbulkan polemik dan bikin bingung. Sebaiknya pemerintah menunda pelarangan ekspor mineral mentah yang akan diberlakukan 12 Januari 2014. Apalagi larangan itu bisa menimbulkan dampak yang besar karena berhubungan langsung dengan para pekerja tambang,” katanya. Di samping itu, pemerintah menilai pengelolaan usaha pertambangan di Indonesia memang sangat perlu untuk dibenahi, terutama sistem pengolahan tambang yang melibatkan tenaga kerja/buruh. Menurut kajian Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, banyak perusahaan pertambangan temyata mengalihdayakan bisnisnya kepada perusahaan lain, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Freeport misalnya, dalam catatan Kemenakertrans, mengalihdayakan sedikitnya delapan jenis usaha yang seharusnya menjadi core business dari perusahaan. Selain Freeport, masih banyak perusahaan tambang lain yang melakukan hal serupa. Sistem alih daya tersebut, memicu kontrak kerja yang tidak terikat yang mengakibatkan lemahnya posisi tawar buruh. “Namun, kami masih mempelajari risiko penerapan undang-undang tersebut dari segi ketenagakerjaan,” kata Sahat Sinurat, Direktur Penyelesaian Perselisihan Dari Kemenakertrans. Melalui UU No.4/2009 tersebut, pemerintah sebagai regulator mulai mengatur satu dari sekian banyak masalah di dunia tambang Tanah Air. Meski berisiko menambah angka pengangguran, pemerintah jelas sedang diuji untuk menjalankan undang-undang tersebut secara konsisten. Mampukah pemerintah menemukan solusi terbaik?. Aturan larangan ekspor mineral mentah yang diatur dalam UU minerba No. 4 tahun 2009 sejatinya akan dilaksanakan pada 12 Januari 2013 nanti. Maka dari itu, Ketua Asosiasi Tembaga Emas Indonesia (ATEI) Natsir Mansyur berharap agar pemerintah dan DPR bisa tetap konsisten dalam menerapkan aturan tersebut sehingga tidak mudah dipermainkan. Menurut dia, program hilirisasi minerba dinilai merupakan wujud adanya konsistensi pemerintah yang dampaknya dinilai positif bagi pertumbuhan ekonomi di masa-masa mendatang. “Ke depannya akan berdampak baik terhadap pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional, khususnya bagi pertumbuhan industri nasional. Selama ini industri hulu masih terbatas, hilirnya pun tidak sehat dengan bahan baku impor yang selalu menimbulkan persoalan,” kata Natsir. Dengan program hilirisasi itu, Natsir juga berharap agar impact sosial, politik, dan pertumbuhan ekonomi daerah dapat menjadi perhatian pemerintah. Pasalnya, tak kurang dari 800.000 orang tenaga kerja langsung yang terlibat di bisnis mineral, serta mempertimbangkan Kontrak Karya(KK) Izin Usaha Pertambangan (IUP) dan Izin Pertambangan Rakyat (IPR). Menurut Natsir, tenaga kerja di sektor pertambangan yang tidak terlibat langsung sebanyak 3,2 juta orang, yang terlebar di bidang hotel, transportasi, bank /leasing kredit mobil, motor, alat berat “Kerusakan infrastruktur yang sudah dibangun pengusaha, selama empat tahun dan membangunnya kembali juga sangat berat,” kata dia.

32

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

Sebelum aturan tersebut berlaku, beberapa pelaku usaha minerba merasa keberatan dengan aturan tersebut. Bahkan para pelaku usaha tersebut mengancam akan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang jumlahnya mencapai ratusan ribu tenaga kerja. Menyikapi gertakan tersebut, Menteri Perindustrian MS Hidayat sempat menyatakan masih akan mengkajinya. “Tanggal 12 Januari (2014) nanti akan ada terjadi implementasi UU, lalu terjadi pro kontra, kemudian ancaman PHK dan sebagainya, pemerintah ingin menelaah itu satu per satu sampai di mana kebenarannya,” ujar Hidayat Hidayat mengatakan, pengkajian mengenai dampak penerapan UU Minerba akah dilakukan pada pertemuan dengan wakil presiden. Tetapi, dia menerangkan, pertemuan itu nanti tidak akan berujung pada kesimpulan apakah akan menunda pelaksanaan hilirisasi atau tidak. “Belum berarti menyetujui atau tidak, tapi kita akan menelaah secara mendalam, dan menteri-menteri ekonomi diminta untuk menelaah secara mendalam,” ungkap dia. Lebih lanjut, Hidayat menegaskan solusi yang hendak dicari dari pertemuan para menteri adalah meminimalisir beberapa dampak negatif pelaksanaan UU Minerba ini. Misalnya seperti ancamanPHK, pemerintah akan melakukan penilaian secara cermat Hidayat yakin, kepentingan tidak akan diabaikan, meski kali ini pemerintah membahas kemungkinan kelonggaran . bagi perusahaan terhadap aturan hilirisasi. “Tentu mengutamakan kepentingan pertumbuhan ekonomi nasional,” ucapnya. Sementara itu, Menteri ESDM, Jero Wacik mengatakan bahwa pemerintah tidak gentar dengan ancaman pemutusan hubungan kerja (PHK) pekerja penambangan oleh perusahaan tambang lantaran pemberlakuan UU) Minerba No 4/2009. “Kami sangat serius membahas UU Minerba ini karena menyangkut pertambangan dan nilai tambah Indonesia termasuk lingkungan hidup Indonesia kini dan nanti,” kata Jero. Dia mengimbau kepada para pelaku usaha pertambangan mineral dan batu bara untuk lebih bijak dalam merespon keputusan ini. Dia juga mengharapkan agar ancaman PHK yang sebelumnya mencuat agar tidak sampai terjadi. “Kita harapkan tidak ada PHK. PHK nanti kita bahas lagi,” ujar dia. Sebelumnya, PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) mengungkapkan akan ada PHK apabila UU Minerba No 4/2009 diberlakukan. Manajer Corporate Social Responsibilfty Newmont Syarafuddin Jarot mengatakan, dari sekitar 4.100 pegawai Newmont, sudah ada yang dikomunikasikan untuk diistirahatkan dan akan ada perubahan jadwal kerja. “Karena sebagian besar ada di level bawah, maka akan proporsional (dirumahkan) di level bawah,” ujarnya. Bupati Sumbawa Barat Zulkifli Muhadli sebelumnya mengatakan, penetapan UU Minerba belum-bisa dilaksanakan saat ini karena akan ada multiplier effect. Pasalnya, PHK akan terjadi di wilayah Sumbawa Barat karena larangan ekspor bahan mentan tersebut. “Walaupun Newmont diganti oleh Antam, itu akan sama saja karena tidak ada satupun smelter di wilayah Sumbawa, Barat,” ujar dia. Selain Newmont, Freeport juga sempat ,mengatakan akan mengurangi sekitar 100.000 pekerjanya lantara tidak diperbolehkan mengekspor bahan mentah. Mereka beralasan hilirisasi akan membuat kapasitas produksi menurun, sehingga jumlah pekerjanya harus dikurangi.


EKONOMI

Bagi pemerintah tiak bisa lain bahwa mereka sesuai undang-undang diminta konsisten menerapkan undang –undang ini dengan mewajibkan pembangunan fasilitas pengolahan dan pemurnian mineral (smelter) di dalam negeri, sesuai Undang-Undang No 4/2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara (UU Minerba) kepada seluruh perusahaan tambang. Berdasarkan Pasal 170 UU 4/2009, pemegang kontrak karya yang sudah berproduksi wajib memurnikan hasil tambangnya paling lambat 12 Januari 2014. “Itu akan memberikan manfaat yang besar bagi Indonesia. Jadi, tidak ada kata lain, pemerintah harus konsisten dengan UU yang dibuatnya,” kata Direktur Eksekutif ReforMiner Institute Pri Agung Rakhmanto di Jakarta. Namun, Pri mengakui bahwa sejak awal ada kelemahan dalam ketentuan tersebut. Menurut dia, ketentuan menyangkut kewajiban pengolahan dan pemurnian di dalam negeri secara teknis belum layak dijalankan sesuai tenggat waktu, yakni pada 2014. Kelemahan kedua, yang paling mendasar menurutnya adalah dalam masalah posisi tawar negara kepada perusahaan- perusahaan tambang besar seperti PT Freeport Indonesia dan PT Newmont Nusa Tenggara. Di atas kertas, kata dia, memang terlihat pemerintah seakan memiliki posisi tawar tinggi, berwenang, dan berkuasa. “Tapi pada kenyataannya, suka atau tidak suka, negara kita cukup tergantung dari perusahaan perusahaan besar tersebut di dalam pengelolaan dan pengusahaan tambang,” cetusnya. Akibatnya, pada praktiknya pemerintah sulit menerapkan sanksi kepada perusahaan-perusahaan tersebut. Terlebih, terkait Freeport dan Newmont, dalam kontraknya memang tidak memuat kewajiban membangun smelter. Sebelumnya Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, pemerintah akan konsisten menjalankan kewajiban smelter sesuai UU Minerba. Pemerintah juga akan mendukung penuh perusahaan yang akan membangun smelter. Perusahaan tambang asal Rusia, Rusia Aluminium (Rusal) misalnya, berkomitmen membangun smelter aluminium dengan nilai investasi sekitar USD6 miliar. Namun, Rusal meminta kepastian pemerintah untuk konsisten melaksanakan UU Minerba. Sebab, mereka khawatir investasinya akan sia sia karena tidak mendapat bahan baku tambang yang akan diolah. Sesuai Pasal 170 UU 4/2009, pemegang kontrak karya yang sudah berproduksi diwajibkan memurnikan hasil tambangnya di dalam negeri mulai tahun depan. Dengan ketentuan tersebut, pemegang kontrak karya berskala besar seperti Freeport dan Newmont wajib memurnikan hasil tambang emas, tembaga, dan peraknya di dalam negeri. Kewajiban pengolahan bahan baku tambang hingga berbentuk logam tersebut bisa dilakukan bekerja sama dengan perusahaan lain. Namun, mengingat kewajiban pemurnian tersebut hanya tinggal beberapa hari lagi, dikhawatirkan ada kemungkinan perusahaanperusahaan itu masih boleh mengekspor produknya meski hanya bermodal komitmen. Padahal, komitmen-komitmen tersebut antara lain baru berupa studi kelayakan atau ground breaking pembangunan pabrik pemurnian. DPR menegaskan tidak akan mengubah ketentuan kewajiban pembangunan pabrik pengolahan dan pemurnian mineral (smelter) yang diamanatkan Undang-Undang No 4/2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara (UU Minerba). Apalagi DPR juga meminta pemerintah tegas menjalankan ketentuan kewajiban pembangunan smelter ini.

”Pemerintah harus tegas dan tidak boleh berubah pendapat sedikit pun, baik karena tekanan atau ancaman pengusaha,” ujar anggota Komisi VII DPR Dito Ganindito di Jakarta. Dito menegaskan, UU Minerba yang telah dibuat pemerintah dan juga DPR harus dilaksanakan secara konsisten. Menurut dia, jika memang ada perusahaan yang tidak mau memenuhi ketentuan tersebut, maka pemerintah harus tegas menyetop ekspor perusahaan yang bersangkutan. Dia menambahkan, di negara lain pelarangan ekspor bahan mentah tambang berikut kewajiban melakukan pengolahan di dalam negeri sudah lama diterapkan. ”Jadi, kenapa kita tidak seperti itu. Ini menjadi pertanyaan,” cetusnya. Sementara, pengamat energi dari ReforMiner Institute Komaidi Notonegoro mengatakan, pemerintah sering kali bermasalah dalam menegakkan aturan yang telah dibuatnya sendiri. Kebijakan yang dibuat sering tidak menyeluruh, tidak dikaji mendalam, dan tidak sungguh-sungguh dijalankan sehingga sering berakibat negatif di kemudian hari. Terkait dengan kewajiban membangun smelter, pemerintah perlu mengevaluasi secara menyeluruh penolakan perusahaan tambang untuk melaksanakannya. Seperti diketahui, sejumlah perusahaan tambang berskala besar seperti PT Freeport Indonesia dan PT Newmont Nusa Tenggara keberatan membangun smelter sendiri. Mereka beralasan, hal itu tidak ekonomis bagi perusahaan. Di sisi lain, ada sejumlah perusahaan dari luar yang menyatakan minat mengembangkan smelter di Indonesia, dengan catatan ada kepastian pasokan bahan baku untuk diolah. Karena itu, perusahaan- perusahaan itu meminta pemerintah konsisten melaksanakan UU Minerba agar ada kepastian bagi mereka. Selain China, tercatat perusahaan tambang asal Rusia, Rusia Aluminium (Rusal), telah bertemu Menko Perekonomian Hatta Rajasa dan menyatakan kesiapannya membangun smelter aluminium dengan nilai invnanang wijayanto_estasi sekitar USD6 miliar. Rencana pemerintah untuk menerapkan kebijakan tentang kewijiban setiap perusahaan tambang memiliki smelter dinilai tidak efektif oleh Sekretaris Komite Ekonomi Nasional (KEN), Aviliani. Hal ini disampaikannya usai menghadiri Prospek Ekonomi Indonesia 2014, “Tantangan Ekonomi di Tengah Tahun Politik”, di Jakarta. “Kalau semua pabrik yang mau bikin tambang harus bikin smelter itu gak bisa. Smelter itu ada skala ekonominya, dimana-mana smelter yang dibangun itu kalau gak ada tiga atau empat perusahaan. Jadi salah, kalau kita mesti bikin smelter di setiap perusahaan. Itu tidak efektif,” tegasnya, seperti dikutip Antaranews.com Selain kebijakan soal smelter tersebut, Aviliani juga menyampaikan bahwa pemerintah perlu memberikan fasilitas kepada beberapa perusahaan untuk produkproduk tertentu. Misal produk kimia. “Produk kimia itu kalau banyak persaingan ya pada gak mau dong. Karena gak akan mencapai skala ekonomi. Itu yang kita gak pernah mikir. Semua-semua itu ditender. Jadi harus dipilah-pilah,”katanya. Sesuai dengan Undang-undang No. 4 tahun 2009, Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tahun 7 Tahun 2012 dan No 11 Tahun 2011, Pemerintah pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) dan Izin Usaha Pertambangan Khusus operasi produksi wajib melakukan pengolahan dan pemurnian hasil penambangan di dalam negeri. Namun, kebijakan ini dinilai masih tidak efektif bagi oleh beberapa pihak. MJ

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

33


EKONOMI

foto: istimewa

Gas Naik Akal-Akalan Pertamina

Bambang Soesatyo, Ketua Umum Ardin Indonesia Dan Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia menuduh kenaikan gas LPG hanya akal-akalan Pertamina saja.

“S

ebenarnya Kenaikan harga elpiji ini sudah diskenariokan Pertamina sejak awal 2012 lalu,’’tambah dia. Menurut dia, mungkin kita masih ingat Pertamina pernah luncurkan elpiji Bright Gas (elpiji 12kg dengan tabung warna ungu, hijau dan pink) dengan harga lebih mahal. Produk ini direncanakan sebagai pengganti elpiji tabung warna biru yg memang dijual murah. Lalu, utk merealisasikan hal tersebut Pertamina sengaja membuat langka elpiji tabung biru di pasaran agar konsumen beralih ke elpiji Bright Gas yg harganya memang lebih mahal. Yakni Rp.135.000 per tabung. Namun rencana atau skenario tersebut gagal karena Konsumen protes kelangkaan elpiji biru dan membuat harga liar. Waktu itu elpiji biru sampai level Rp.100.000-Rp.120.000 per tabung.

34

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

Begitu konsumen tolak dan Media ramai-ramai melansir kelangkaan gas. Akhirnya, proyek elpiji Bright Gas gagal. ‘’Nah, di 2014 inilah, Pertamina mau paksakan lagi agar gas elpiji biru setara harganya dengan elpiji Bright Gas. Itu tipu-tipu-an aja. ‘’Lihat dan teliti. Produk elpiji Bright Gas itu cuma tabung gas lama yg berwarna biru dicat warna-warni baru, plus dikasih karet yg melingkar di body tabung. Kalo dikelupas, tabungnya ya tabung elpiji biru juga. Itulah akal2an pemaksaan Pertamina utk mendongkrak harga. Saya yakin kalau dilakukan Audit, biaya produksi tabung lpiji Bright Gas, itu sama saja dengan biaya produksi elpiji tabung biru. Mengingat isinya juga sama saja. Yakni LPG. Barangkali inilah yg menjelaskan dugaan soal akal-akalan pertamina menipu konsumen. ‘’Saya paham bisnis ini, karena ada beberapa anggota Kadin Indonesia yg menjadi pemain eceran dan agen Pertamina’’. MJ


EKONOMI

Rekayasa Pertamina Bikin Curiga

P

engamat kebijakan publik, Andrinof A Chaniago, mengecam keras sikap pemerintah yang terkesan cuci tangan dan menyalahkan Pertamina terkait naiknya harga gas elpiji ukuran 12 kilogram. Bagi Andrinof, sangat mustahil jika Pertamina menaikkan harga gas tanpa adanya persetujuan dari pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Sebab, Pertamina merupakan bagian integral dari badan usaha milik negara (BUMN) yang tunduk pada keputusan pemerintah. "Maka orang bisa curiga, jangan-jangan ini rekayasa, dengan mengorbankan Pertamina. Janganjangan Pertamina mau dijadikan sasaran tembak, kemudian dieksploitasi, supaya tampak ada partai-partai heroik membela kepentingan rakyat," kata Andrinof di Jakarta, Ahad (5/1). Selain itu, ia menambahkan, naiknya harga tabung elpiji ukuran 12 kilogram secara mendadak patut dicurigai sebagai bentuk manuver pemerintah dalam menghadapi perhelatan pemilu yang semakin dekat. Keanehan lain yang juga tampak adalah saat pengumuman kenaikan, yang mengumumkan pihak Pertamina sendiri, bukan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementrian BUMN, atau kementrian lain yang mewakili kebijakan resmi pemerintah. "Jadi, panggil Pertamina ke DPR, tanya apa yang terjadi. Pemerintah tetap harus bertanggung jawab atas kenaikan tersebut, karena BUMN kan perusahaan yang tunduk pada kebijakan pemerintah. Kalau menyangkut layanan publik, pemerintah yang bertanggung jawab dong. Kalau Pertamina salah, segera keluarkan keputusan pembatalan kenaikan harga elpiji tersebut," kata Andrino

foto: istimewa

MJ

Maka orang bisa curiga, jangan-jangan ini rekayasa, dengan mengorbankan Pertamina. Jangan-jangan Pertamina mau dijadikan sasaran tembak, kemudian dieksploitasi, supaya tampak ada partai-partai heroik membela kepentingan rakyat

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

35


EKONOMI

Foto: istimewa

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Wapres Boediono memimpin rapat kabinet terbatas membahas soal kenaikan harga gas Elpiji 12 Kg.

Soal Gas, Pemerintah Aneh Kebijakan sepihak pemerintah yang menaikkan harga gas elpiji 12 kilogram di awal tahun 2014 menuai protes banyak kalangan. Salah satu protes tersebut mengemuka dari Faisal Yusuf, aktivis lingkungan yang juga Ketua Umum Bangkit Energi Indonesia Hijau (BENIH).

36

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

T

okoh muda Betawi tersebut berpendapat, sikap keras kepala pemerintah yang tetap berkukuh menaikkan harga elpiji 12 kilogram tentu saja sangat bertentangan dengan nurani rakyat. Bagi Yusuf, kenaikan itu sedikit-banyak akan menimbulkan gejolak dan ketidakpastian di masyarakat. Calon anggota legislatif untuk DPR dari Partai NasDem nomor urut 6 dari daerah pemilihan DKI Jakarta I itu menyesalkan Menko Perekonomian yang juga Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional yang menyatakan pemerintah tidak memiliki kewenangan untuk mengintervensi harga kecuali menyangkut harga subsidi.


EKONOMI

Bagi Faisal argumentasi yang dilontarkan Hatta Rajasa tentu sangat bertentangan dengan kondisi yang sebenarnya terjadi. Sebab, Pertamina merupakan perusahaan milik negara, sehingga keputusan perusahaan, terutama yang menyangkut hajat hidup rakyat, harus terlebih dulu dikonsultasikan dengan seluruh pemangku kepentingan, terutama rakyat, yang dipercayakan kepada pemerintah dan DPR. "Itu sesuai dengan Pasal 33 ayat 1 UUD 1945 yang dikuatkan oleh UU No 30 Tahun 2007 tentang Energi, bab 3 pasal 4. Jadi, kehadiran Pertamina bukan untuk meraih keuntungan perusahaan semata, melainkan sebagai perangkat kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Indonesia," kata Faisal. Ketua Fraksi PAN di DPR, Tjatur Sapto Edy, juga menganggap kenaikan harga gas itu bukan kebijakan sepihak pemerintah, bukan pula manuver presiden. "Saya berani bilang 2000 persen itu salah, karena ini korporasi. Beda sama BBM," kata Tjatur. Menanggapi hal tersebut, anggota Fraksi Golkar DPR, Bambang Soesatyo alias Bamsoet, mengatakan, "Hanya orang bodoh yang percaya pada argumentasingawur seperti itu." Bagaimanapun, tambahnya, kebijakan menaikkan harga gas itu adalah kebijakan pemerintahan SBY, bukan kebijakan PT Pertamina. Logika sederhananya, Pertamina itu BUMN yang diikat dengan undang-undang. Dia harus tunduk ke pemerintah, khususnya ke presiden dan Menteri ESDM sebagai pembina. Apalagi, komoditas yang dikelola Pertamina sangat strategis dalam konteks kepentingan rakyat. "Jadi, kalau presiden dan Menko Perekonomian mengatakan naiknya harga elpiji 12 kilogram sebagai aksi korporasi Pertamina, pernyataan ini sarat kebohongan. Kenaikan harga itu tidak mendadak, melainkan sudah direncanakan dan diketahui pemerintah. Sebab, PT Pertamina telah melaporkan rencana kebijakan perubahan harga elpiji 12 kilogram ke Menteri ESDM Jero Wacik," kata Bamsoet. Mekanisme pelaporan ini, sambung dia, sesuai dengan Pasal 25 Peraturan Menteri ESDM No 26/2009 tentang Penyediaan dan Pendistribusian Elpiji. Karena kenaikan harga elpiji berdampak sangat luas dan signifikan terhadap kehidupan rakyat, tambah Bamsoet, Jero Wacik pasti tidak berani bertindak sendirian. Dia akan berkoordinasi dengan Menko Perekonomian Hatta Rajasa. Apalagi, ada dampak inflatoir dari naiknya harga gas elpiji. Hatta dan Jero Wacik pasti harus berkonsultasi dengan Presiden SBY sebelum memberi respons final ke Pertamina. Kesimpulannya sederhana saja, ungkap

Bamsoet: karena Pertamina sejak 1 Januari 2014 telah menaikan harga gas elpiji 12 kilogram, berarti Presiden SBY dan para pembantunya telah menyetujui proposal Pertamina itu. Kalau tidak disetujui SBY, Pertamina tidak akan berani menaikkan harga gas elpiji. "Karena itu, instruksi SBY kepada Wapres Boediono agar mengadakan rapat koordinasi dengan para pihak terkait untuk menyikapi kenaikan harga gas elpiji sebagai kebohongan dan kepura-puraan belaka. Presiden lagi-lagi cuci tangan dan tidak mau bertanggung jawab," ujarnya. Sementara itu, Direktur Investigasi dan advokasi Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra), Ucok Sky Khadafi, memastikan kenaikan harga gas elpiji 12 kilogram merupakan siasat licik pemerintah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menguras uang rakyat. "Kenaikan elpiji ini terasa baunya untuk uang politik menjelang pemilu 2014. Dan saat elite politik yang akan bertarung merebutkan kekuasaan, rakyat dibebani dengan uang politik menjelang pemilu dengan menaikkan kenaikan elpiji," kata Ucok di Jakarta, Sabtu lalu (4/1). Secara spesifik Ucok menjelaskan, naiknya harga gas elpiji 12 kilogram dipicu oleh pembenaran dan rekomendasi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) semester 1 Tahun 2013 terhadap PT Pertamina untuk sektor gas. Ucok melanjutkan, dalam rekomendasi BPK tersebut, PT Pertamina dalam kurun waktu 2011-2012 mengalami kerugian sebesar Rp 7,73 Triliun. Untuk itu, Pertamina diperintahkan untuk menaikkan harga elpiji tabung 12 kilogram untuk mengurangi kerugian keuangan mereka. Kalau tidak, pendistribusian elpiji dalam waktu panjang akan terganggu dan kemampuan finansial Pertamina dalam jangka panjang akan menurun. "Dengan demikian, hasil audit BPK tidak obyektif, ada kesan kepentingan titipan agar ada alasan pembenaran untuk menaikan harga elpiji. Kalau melakukan audit, jangan melihat keuangaan Pertamina dari sudut pandang perbandingan harga produksi elpiji dengan harga jual ke publik dong. Ini pasti hasilnya Pertamina merugi. Lihat dan verifikasi dokumen Pertamina yang berkaitan terhadap dugaan mark up penjualan dan pembelian gas Pertamina," kata Ucok. BAHAUDIN MARCOPOLO/ASN-024, TYO/ASN-011

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

37


Banyak orang mengira bahwa Bali adalah Hindu dan Hindu adalah Bali. Pandangan itu mungkin benar. Karena hampir semua orang Bali beragama Hindu. Namun, pernahkah Anda mendengar sebuah perkampungan muslim di Bali? Oleh : Susi Andrini

Pegayaman

38

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

foto: istimewa

Pesona Kampung Muslim Bali


graris: elly/asatunews foto: istimewa

Sebagai rasa terima kasih, Raja Panji Sakti menghadiahkan tempat permukiman di wilayah hutan sebelah selatan yang dikenal sebagai Desa Pegayaman.

D

i tengah-tengah kehidupan masyarakat Hindu-Bali yang sarat dengan ritual keagamaan dan adat-istiadatnya yang kental, perkampungan muslim itu memberikan warna tersendiri bagi Bali. Itulah Pegayaman, sebuah nama desa muslim di Bali yang ada di wilayah Kecamaan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali Utara. Nenek moyang mereka berasal dari tanah Jawa dan Makasar-Bugis yang datang sekitar abad XVI. Pada masa itu, Bali Utara diperintah seorang raja bernama I Gusti Ngurah Panji Sakti (Ki Barak Panji Sakti). Pada saat perluasan wilayah, Ki Barak Panji Sakti meminta bala bantuan kepada Kerajaan Blambangan sehingga memperoleh kemenangan. Sebagai tanda persahabatan, Raja Mataram memberikan hadiah gajah kepada Raja Panji Sakti.

Sedangkan, perantau asal MakasarBugis, menurut keterangan lontar yang terdapat di Gedong Kertya, Singaraja, pada masa pemerintahan Panji Sakti pada 1650, sekelompok imigran Islam datang. Kemudian, beberapa di antara mereka bermukim di Pegayaman. Imigran tersebut diduga sebagai orang-orang Makasar-Bugis, sebab mereka tiba setelah kedatangan orang-orang Mataram Islam. Naya Sujana (1999:47-48) menyebutkan, Islam Bali adalah kelompok sosial yang ikut menjadikan masyarakat Bali majemuk. Masyarakat Bali sebenarnya telah berkembang menjadi masyarakat majemuk (plural society). Sejak zaman dahulu semasih raja-raja Bali berkuasa, orangorang Islam dari luar Bali yang membawa kebudayaan telah masuk ke Bali sejak abad ke-17 atau mungkin abad sebelumnya.

Profil Pegayaman Penduduk Pegayaman kini berjumlah 5.045 jiwa yang 90% penduduknya beragama Islam. Luas lahannya 1.584 hektare dan merupakan tanah dengan hamparan sawah dengan dataran tinggi yang berbukit-bukit yang sangat baik untuk daerah perkebunan. Sehingga cocok ditanami kopi dan cengkeh. Kopi Pegayaman memiliki rasa yang khas karena dicampur dengan bunga cengkeh atau terkadang juga jahe. Masyarakat di sana berkeyakinan, kopi Pegayaman dapat dipakai sebagai penghilang rasa pusing dan mual. Tidak mengherankan jika masuk ke Pegayaman, kita akan disuguhkan secangkir kopi yang rasanya khas itu. Orang Pegayaman memiliki nama-nama yang unik, perpaduan antara nama Bali dan Islam. Misalnya untuk anak

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

39


Asimilasi dan akulturasi

foto: istimewa

Adanya perkawinan antara tiga etnis (Jawa-Bali-Bugis) dan pemberian nama di Pegayaman merupakan satu contoh terjadinya asimilasi, yaitu penyesuaian atau (peleburan) sifat-sifat asli yang dimiliki dengan sifat-sifat lingkungannya. Peleburan yang terjadi tidak hanya sebatas itu, namun juga dalam melaksanakan perayaan keagamaan lainnya. Sehingga, terbentuklah akulturasi budaya, yaitu; sebuah proses percampuran dua kebudayaan atau lebih yang saling bertemu dan saling memengaruhi. Contohnya dalam perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW (perayaan kelahiran Nabi), selain mengikuti tata cara dalam agama Islam, orang Pegayaman juga mengikuti adat kebiasaan masyarakat Hindu-Bali. Orang Pegayaman juga mengenal adanya hari penapean, penjajaan, danpenampahan yang dilakukan sebelum perayaan Maulid dan Idul Fitri. Sebagaimana masyarakat Hindu-Bali yang juga dilakukan sebelum perayaan Galungan dan Kuningan.

foto: istimewa

Pada hari penapean, para wanita membuat jajan tapai yang dibuat dari ketan putih dan diberi pewarna hijau dari daun suji atau daun kayu manis/daun katuk.

pertama, mereka membubuhkan nama Wayan. Anak kedua Nengah, anak ketiga Nyoman, dan keempat Ketut. Setelah memakai urutan nama Bali itu, baru mereka membubuhkan nama Islam. Misalnya, Wayan Imam Muhajir, Nengah Ibrahim Saleh, Nyoman Siti Hikmawati, dan Ketut Syahruwardi Abbas. Orang Bali memanggil orang di Pegayaman dengan sebutan nyama selam yang artinya orang Islam dan orang Pegayaman memanggil orang Bali di sekitarnya dengan sebutan nyama Bali. Nyama berarti sedulur (bahasa Jawa)= saudara.

40

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

Sedangkan, pada hari penjajaan, banyak kue-kue tradisional yang disebut jaja dibuat. Seperti jaja uli (terbuat dari beras ketan putih yang telah di masak dan ditumbuk sehingga menjadi kenyal (biasanya sebagai teman memakan tapai ragi tersebut), jaja satuh, jaja kue-kue kering yang terbuat dari tepung beras, tepung terigu ataupun sagu, jaja kuping gajah, jaja bolu, dan lain sebagainya. Pada hari ketiga, sehari sebelum Maulid disebut sebagai hari penampahan yang diwarnai dengan memotong sapi. Tradisi yang terjadi adalah, warga desa bersamasama menanggung (patungan) untuk membeli sapi yang dagingnya dapat dibagibagikan ke seluruh penduduk desa.

‘Sokok’ Ada yang menarik dari perayaan Maulid di Pegayaman. Mereka membuat sokok base dan sokok taloh. Sokok berarti sebuah tempat yang terbuat dari gedebok pisang dengan tinggi kira-kira 50cm. Sedangkan base adalah daun sirih. Sokok base itu dihias dengan daun sirih dan bunga-bunga aneka warna. Sokok yang ada di Pegayaman sebagai pengganti dulang, yang pada orang


foto-foto: istimewa

yang dipakai turun-temurun dari nenek moyang. Surat Barzanji itu berisikan riwayat perjalanan hidup Nabi Muhammad dari lahir sampai dengan wafatnya.

Hindu-Bali berfungsi untuk menjunjung sesaji di atas kepala berisi buah-buahan. Sedangkan sokok talohberupa telur-telur yang dihias dan diwarnai kulitnya. Orang Pegayaman berkeyakinan, sokok berisi bunga-bunga, daun pisang, dan sirih itu sebagai obat dan membawa syafaat atau berkah dari Nabi Muhammad. Banyak di antara mereka yang juga percaya bunga-bunga itu memiliki kekuatan untuk mengusir hama di sawah dan kebun. Sedangkansokok taloh memiliki arti filosofis bahwa bulatnya telur sebagai perlambang dunia yang bulat. Kulitnya yang diasumsikan sebagai ajaran Islam dari luarnya, sedangkan putih telur merupakan simbol dari isi ajaran Islam, dan kuning telurnya mengartikan intisari ajaran Islam. Sedangkan kayu yang dibuat untuk menusuk telur dimaksudkan bahwa Islam itu bersifat fleksibel dan dinamis, tidak kaku dan universal.

‘Hadrah dan Bordah’ Hadrah dan Bordah merupakan kesenian khas Pegayaman. Hadrah dan Bordah hanya tampil pada waktu-waktu khusus. Misalnya pada saat perayaan Maulid Nabi, Khitanan, dan upacara pengantin. Pemain Hadrah kebanyakan dari kalangan muda. Sedangkan Bordah dilantunkan kalangan tua saja. Mereka berdoa sambil bernyanyi dengan syair surat Barzanji dengan melenggaklenggokkan badan diiringi tabuh rebana

Kostum yang dipakai para hadrah hanya berupa celana panjang hitam, peci dan kemeja putih dengan selempang di dada. Sedangkan pada kelompok bordah, mengenakan baju seperti orang HinduBali yang akan bersembahyang ke pura, lengkap dengan destar atau udeng (ikat kepala) dan lancingan (kain). Cengkokcengkok Surat Barjanzi yang dibacakan mirip dengan kakawin, kidung, dan geguritan Bali. Padahal, bahasa yang dilantunkan menggunakan bahasa Arab. Para tetua di Desa Pegayaman sangat merisaukan perkembangan kesenian ini di masa depan. Karena anak-anak muda kurang berminat belajar dan memainkannya. Sudah sejak zaman nenek moyang mereka, Bordah dimainkan kalangan tua saja. Mungkin karena kidung-kidung yang ditembangkan terasa sulit untuk dipelajari. Apalagi alat musik itu merupakan alat musik yang diwariskan secara turun-temurun dan tidak boleh sembarang orang memakainya. Zaman dulu, kesenian ini di dendangkan untuk upacara penyambutan tamu raja dan upacara mengusir setan yang diarak keliling desa. Sayang sekali jika pada akhirnya kesenian ini harus hilang. Karena itu merupakan suatu bukti yang kuat terjadinya asimilasi dan akulturasi budaya yang terjadi di Pegayaman. Keadaan itu juga lebih diperparah lagi karena kurangnya perhatian Pemerintah Pusat Provinsi Bali pada kesenian ini yang kurang mendapatkan tempat. Meskipun pada acara ulang tahun Buleleng-Singaraja mereka bisa tampil, tidak pernah ada pada Pesta Kesenian Bali yang diselenggarakan setiap setahun sekali. Padahal, dengan melestarikan kesenian dan budaya yang ada di Pegayaman, akan memperkaya Bali sebagai Pulau Seribu Pura yang unik dan pluralistik di tengah kehidupan masyarakatnya yang religius dengan pesonanya tersendiri.

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

41


foto-foto: istimewa

BISNIS

Mobil Tenaga Surya dari Ford Mobil tersebut memanfaatkan tenaga surya lewat konsentrator khusus yang bertindak seperti kaca pembesar, mengarahkan sinar matahari ke panel-panel surya pada atap mobil.

42

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014


BISNIS

P

rodusen mobil AS Ford Motors mengumumkan bahwa perusahaan itu akan segera meluncurkan apa yang disebut "kendaraan tenaga surya pertama di kelasnya." Mobil yang dinamakan C-MAX Solar Energi Concept itu dapat berjalan "tanpa bergantung pada listrik atau bahan bakar," menurut perusahaan tersebut. Ford mengatakan mobil tersebut dapat memanfaatkan tenaga surya dengan menggunakan konsentrator khusus yang bertindak seperti kaca pembesar, mengarahkan sinar matahari ke panel-panel surya pada atap mobil. Sinar matahari satu hari dapat memberikan kinerja sama dengan mobil hibrida listrik, menurut perusahaan tersebut, dengan menambahkan bahwa mengemudi mobil tersebut dapat mengurangi emisi gas buang yang biasanya dapat mencapai empat metrik ton satu mobil -jumlah yang sama dikeluarkan oleh sebuah rumah di AS dalam empat bulan. SunPower, yang telah menjadi mitra teknologi surya untuk Ford sejak 2011, menyediakan sel-sel surya untuk atap mobil. Karena waktu lama yang diperlukan untuk menyerap cukup energi untuk memberi tenaga kendaraan secara penuh, Ford meminta bantuan pada Georgia Institute of Technology untuk meningkatkan sinar matahari untuk membuat hibrida tenaga surya dapat digunakan sehari-hari. Mobil ini akan dipamerkan di acara 2014 International CES di Las Vegas pada 7-10 Januari. Usai acara, Ford dan Georgia Tech akan mulai menguji kendaraan dalam sejumlah skenario dunia nyata untuk melihat apakan konsep ini layak untuk produksi massal. ASN

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

43


KESEHATAN

Apakah Anda

Malu Bugil

foto: istimewa

Didepan Suami?

Ada diantara kita yang merasa malu bugil dihadapan suami? Empat orang istri berbagi pengalaman mereka mengapa dan bagaimana menepis rasa malu terhadap suami akan perubahan tubuhnya. Sementara laki-laki (sang suami) mengungkapkan bagaimana perasaan mereka tentang hal itu.

44

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

1. Suamiku tak pernah melihat ku telanjang, Leigh Martin and Gathin Leigh Martyn Thomas, 38, adalah seorang penyanyi dan suaminya Gethin, 42, insinyur, telah menikah selama 15 tahun. Mereka dikarunia dua orang anak, Phoebe, 12 dan Dylan, 10. Inilah pengakuan dirinya setalah 15 tahun menikah. Gethin dan saya telah menikah selama 15 tahun dan hidup bersama selama 19 tahun kini dikaruniai dua orang anak. Tetapi dia tidak pernah melihatku bugil .“ Mengapa? Saya merasa menderita, malu dan benci pada perubahan tubuh saya. Tidak ada jaminan dari suami saya, apakah setelah melihat tubuh saya, ia masih menyintai saya. Aku tahu ketika seorang suami memandang tubuh istrinya ia hanya memandang seorang ibu dari anak-anaknya dan bukan kekasihnya dengan tubuh yang sempurna. Ketika saya berkaca di depan cermin saya merasa tidak sempurna, tidak percaya diri, sedih karena banyak selulit di perut dan timbunan lemak di badan saya. Terkadang sering saya bercanda untuk operasi plastik atau melakukan sebuah therapy. Karena tidak merasakan nyaman di dalam tubuh saya. Berat badan saya telah melonjak sebanyak 10 – 20 kg. saya hanya melakukan diet klasik dan itu kurang bermanfaat yang


KESEHATAN

2. Sam Green and Stuart Sam Green, 40, seorang sekretaris di sebuah perusahaan, tidak pernah membiarkan Stuart, 40, direktur, untuk melihatnya telanjang, Ia menceritakan. telah melakukan diet ketat selama musim panas dan berharap dapat turun drastis dari berat badannya. Ia sudah membayangkan bisa bertelanjang memamerkan tubuhnya kepada suaminya. Tetapi saya lebih menahan emosi untuk membiarkan suami saya melihat saya telanjang, dan itu adalah situasi yang memalukan. Saya terjebak dengan transformasi fisik dan berat badannya saya bertambah menjadi 17 kg. Tiga tahun lalu, saya jadi teringat melihat badan saya di depan cermin dan sangat menjijikkan. Bagaimana mungkin saya membiarkan Stuart untuk melihat badan saya? Namun pada saat saya inginkan anak ke dua, dokter mengatakan berat badan saya berlebih dan harus mengikuti die ketat. Inilah kesempatan saya untuk memperbaiki berat badan saya . Saya merindukan bayi kembali dan ingin menjadi langsing. Saya bermimpi untuk mecintai tubuh saya kembali dan mendiskusikannya dengan Stuart. Dan pada akhirnya diet tercapai namun tubuh saya menjadi kendor dan dokter memberi obat kesuburan. Saya merasa tidak percaya diri, ketika bercermin, dan merasa nyaman ketika sudah berpakaian. Saya selalu meletakkan piyama di kamar mandi dan menggantinya di sana. Saya lebih nyaman sex dilakukan bila mematikan lampu dan di bawah selimut. Dan untuk kedua kalinya saya hamil kembali. Tahukah Anda? Banyak Laki-laki menilai mitra mereka lebih menarik dengan menggunakan piyama daripada mengenakan bra dan celana. Setidaknya tulah yang dikatakan Stuart.

foto-foto: istimewa

dirasakan karena lama prosesnya. Saya tidak suka melihat kaki saya yang pendek, gemuk dan penuh dengan selulit. Apalagi dua anak saya lahir dengan operasi cesar yang menimbulkan bekas di perut., an itu menyebabkan saya tidak merasa nyaman dan percaya diri. Saya ingin dikagumi Gethin, telanjang di depannya dan merasa nyaman. Untuk mengetahui ia begitu menikmati tubuh saya. Tetapi tidak ada jalan lain untuk membiarkan semua itu terjadi. Aku tidak akan membiarkan ia melihatku sedang berpakaian. Bahkan pada saat waktu tidur sekalipun, saya akan menunggunya menggosok gigi baru mengganti dengan pakaian tidur. Saat berpakaian pun jika dia ada di dalam, dengan rasa hormat saya memintanya keluar. Tapi kehidupan sex kami normal, hanya saja saya tidak ingin dia jelas melihat kekurangan tubuh saya sehingga saya merasa rilex dalam bercinta di lampu remang-remang. Kata Gethin: Saya berharap ada sesuatu yang berbeda, bukan untuk saya, tetapi untuk dia. Saya rasa ia akan menjadi seorang yang bahagia jika ia bisa menyintai dan menerima diri dan tubuhnya. Saya juga berharap Leigh bisa melihat dirinya melalui kejujuran mata saya. Untuk saya dia adalah wanita paling cantik di dunia, tetapi dia hanya tidak bisa melihat dirinya sendiri. Perlu waktu lama dan bertahun-tahun untuk memberikan pengertian. Sangat tidak lazim bagi seorang suami tidak pernah melihat istrinya telanjang. Namun meskipun begitu kami mempunyai hubungan bahagia dan memuaskan. Saya tetap berharap ia bisa melihat keindahan tubuhnya sendiri, sesuatu yang menakjubkan dan fantastis sehingga tidak ada alasan malu jika bertelanjang di hadapan saya. Buat saya perubahan itu tidak menjadi masalah dan dia tetap wanita tercantik dan terseksi di dunia.

Leigh Martyn Thomas (38)

Sam Green (40)

Angela Landes (55)

Jennifer Webb (32)

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

45


foto-foto: istimewa

KESEHATAN

Stuart : Saya melihat Sam naik ke atas pada pukul 7 malam untuk mengambil piyamanya, saya tahu itu ia lakukan supaya tidak terlihat oleh saya. Saya merasa sangat sedih karena menjadi sangat malu dihadapan saya. Seorang istri tidak seharusnya merasa malu dihadapan suaminya, tetapi saya mengerti, saya tidak mengerti bagaimana menolongnya keluar dari masalah itu. Padahal saya merasa bangga menjadi suaminya bukan karena tubuhnya, saya hanya berharap ia bisa bangga juga pada dirinya sendiri. Ketika ia diet sempat ia kehilangan berat badannya dengan cepat, tapi saya tidak merasa surprise dengan itu. Saya hanya menunggu waktu agar ia bisa menemukan dirinya sendiri sesuai dengan apa yang ia perlukan. 3. Monopouse Menghancurkan Kepercayaan diri Seorang ibu rumah tangga, Angela Landes, 55 bersama suaminya Sidney, 57, tinggal di London Utara. Mereka memiliki tiga orang anak yang sudah besar. Ia membagi perasaannya yang diungkapkan; Setelah 35 tahun menikah, saya menjadi kasihan terhadap suami saya karena perubahan tubuh yang saya miliki. Kami telah bersama-sama sejak saya berusia 16 tahun. Jadi saya kira Sidney tahu setiap inchi dan bagian

46

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

dari tubuh saya. Kami sering telanjang bersama dan menikmati sex dengan penuh gairah tapi saya merasa itu adalah bagian dari kehidupan pernikahan bukan untuk mengatakan saya merasa senang dengan tubuh saya, terutama setelah memiliki tiga orang anak. Sejak 18 bulan yang lalu saya ketika saya berenti merokok dan monopouse berat saya bertambah 16 kg. Untuk pertama kalinya saya mempunyai perut besar, payudara tampak datar kendur ke bawah. Tentu saja itu memukul hati saya dan pencitraan diri. Sidney, suami saya bersikeras mengatakan, dia melihat saya masih sebagai wanita muda yang ditemuinya ketika kami masih remaja dulu. Tapi saya tak bisa memercayainya begitu saja. Bagaimana mungkin dia tidak melihat apa yang saya lihat? Saya bangun sebelum ia berpakaian dan menunggunya pergi tidur baru saya mengganti baju tidur . Setelah 4 dekade bersama-sama, kehidupan cinta kami begitu baik bahkan dalam berhubungan intim sekalipun. Saat waktu sudah berlalu, laki-laki akan bertambah gemuk, tua dan botak, namun tampaknya itu membuat lakilaki lebih percaya diri dan lebih kuat daripada wanita. Saya mulai berpikir tentang perubahan tubuh ini, semakin saya memikirkan semakin merasa tertekan dan tidak menarik. Jadi ketika bercinta saya lebih nyaman dengan lampu mati.


foto-foto: istimewa

KESEHATAN

Sidney: saya tidak mengerti mengapa Angela memiliki pemikiran seperti itu, saya sungguh menyintainya, tapi saya juga harus menghormatinya. Ketika terjadi perubahan-perubahan dalam diri karena factor usia itu adalah hal yang natural. Dalam pikiran saya tidak ada yang berubah dari Sidney, dia tetap milik saya dan hangat di tempat tidur, sama saat remaja dulu ketika kami sama-sama bertemu untuk pertama kalinya. Meski tubuhnya telah berubah saya tetap menyintainya. Bukankah sekarang tubuh saya juga berubah? Jadi untuk apa merasa malu karena itu hal yang lumrah dan akan terjadi. 4. Menjadi Seorang Ibu Membuat Saya Membenci Diri Sendiri Jennifer Webb, 32 adalah seorang ibu rumah tangga. Ia tinggal bersama partnernya, Chris, 32, Financial Advisor bersama seorang putranya, Elwood yang baru berusia 1 tahun di Durham. Terakhir Chris melihatnya telanjang pada bukan Oktober 2012, sehari sebelum kelahiran anak kami. Setelah kelahiran saya merasa badan saya melar dan tidak percaya diri telanjang di hadapan Chris. Padahal dulu saat belum menikah dan belum mempunyai anak, saya sering menjadi model untuk lukisan

yang memamerkan tubuh saya, juga untuk Chris. Saya menjadi menangis karena tak percaya ini, ada yang salah dalam tubuh saya. Dulu saya sering memakai baju mini dan baju yang bisa memamerkan tubuh saya. Tapi kini saya tak punya kepercayaan diri lagi untuk itu. Saat melakukan sex saya selalu menghindar ketika Cris akan mencium saya, dan itu membuat Chris merasa ditolak. Saya diskusikan apa yang saya rasakan ke Chris untuk bisa melihat perubahan berat badan pada diri saya yang tidak tampak menarik lagi Kata Chris : Ketika saya melihat Jennifer, saya melihatnya sebagai teman baik, ibu dari seorang anak saya. Apa yang ia lihat dari badannya itu tak membuat masalah untuk saya, karena saya menyintainya secara personal. Saya merasa gagal untuk menolongnya sebab apa yang saya katakan tidak akan membuatnya baik tentang dirinya sendiri. Saya benci melihatnya merasa malu sendiri ketika bersama saya, jadi saya tidak pernah menekan dia melakukan apapun yang membuat dia merasa tidak nyaman. Saya hanya berharap ini untuk sementara saja dan tidak akan berlangsung lama dan berharap akan segera kembali normal kembali. Jadi sekarang, bagaimana dengan anda? DM/UCI

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

47


KESEHATAN

Serbuk Kopi Bisa Hilangkan Selulit S Selulit menjadi masalah untuk sebagian besar wanita. Dan banyak orang mengira selulit adalah penyakit. Padahal selulit adalah timbunan lemak yang terperangkap di bawah lapisan kulit.

48

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

ebagian lemak yang gagal dibuang oleh tubuh ini akan menggumpal, sehingga menimbulkan kesan tidak rata atau bergelombang pada permukaan kulit.Jaringan lemak akan menyebar ke seluruh tubuh, membungkus otot dan melindungi organ. Selulit menempati area tertentu yang cukup spesifik, seperti lengan atas dan bawah, paha atas dan belakang, perut, punggung, leher dan bokong. Penampang selulit seperti garis-garis yang terjadi di permukaan kulit jeruk purut. ’Langsing bukan jaminan bebas dari selulit. Tapi menurunkan berat badan dapat mengurangi jumlah tumpukan lemak di dalam tubuh. Dibanding pria, wanita lebih mudah mempunyai selulit. Mengapa? Karena kulit wanita lebih tipis daripada kulit pria, sehingga pada pria lebih dapat menutupi bagian selulitnya. Pada pria, biasanya selulit ada di bagian perut dan leher bagian belakang. Selulit juga terkait masalah hormonal. Kadar estrogen yang meningkat sesaat sebelum haid dan pubertas dapat memengaruhi timbulnya selulit.


KESEHATAN

Herbal Menghilangkan Selulit

Resep 1

Salah satu metoda yang paling ampuh untuk menghilangkan selulit adalah pijat. Dengan pijat sirkulasi darah jadi lebih lancar. Dan sel-sel lemak bisa lebih mudah dihancurkan. Selain pijat, krim selulit juga bisa di gunakan yang dapat di cari di toko obat/ apotik. Namun jika ingin lebih murah dan aman anda bisa mencobanya dengan serbuk kopi. Jadi tak usah pusling lagi untuk mencari obatnya, anda bisa meraciknya sendiri dengan bahan yang realtif murah dan mudah yaitu ampas kopi Dari sebuah penelitan, kafein bisa digunakan untuk melebarkan pembuluh darah, sehingga sirkulasi dan aliran darah menjadi lebih lancar. Kafein juga bisa mengurangi kadar penimbunan air, yang merupakan salah satu penyebab terdorongnya lemak ke kulit dan menjadi selulit. Jadi jika dipadukan dengan pijat yang berguna untuk memperlancar peredaran darah, anda bisa membuat juga ramuan kopi yang mengandung kafein untuk krim pemijatnya. Berikut diberikan tips untuk anda, membuat resep ramuan krim selulit:

1 cangkir ampas kopi yang masih baru 1 putih telur 1 sendok makan minyak zaitun Campurkan bahan-bahan di atas dan gunakan untuk memijat bagian tubuh Anda yang berselulit. Pijat dengan gerakan memutar, kemudian bilas. Ramuan ini juga bisa dioleskan ke selulit, kemudian ‘bungkus’ bagian tersebut dengan plastik dan diamkan selama 5-10 menit. Untuk hasil yang optimal, lakukan ritual ini 3 kali seminggu. Resep 2 1/4 cangkir ampas kopi hangat 1 sendok makan minyak zaitun Campurkan bahan-bahan di atas, kemudian balurkan ke atas loofah atau handuk wash lap sebelum memijat bagian yang berselulit. Lakukan 2 kali seminggu. Resep 3 Campurkan ampas kopi dengan sabun cair atau body lotion. Balurkan ke tubuh, diamkan beberapa menit, lalu bilas. Lakukan setiap hari. ASN-026/UCI

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

49


GAYA HIDUP

Jenggot, Kumis Populer di Kalangan Lelaki Amerika S

emakin banyak laki-laki Amerika yang menumbuhkan jenggot dan kumisnya, dan bagi beberapa orang, rambut wajah lebih dari sekedar pernyataan mode.. Pemangkas rambut Daniel Winter mengatakan penampilan berbulu, terkadang dengan tato, menjadi tren yang sedang berkembang di Los Angeles, California dan kota-kota besar lainnya..

foto: istimewa

Semakin banyak laki-laki di AS yang menumbuhkan bulu di wajah, sesuatu yang sering identik dengan maskulinitas dan vitalitas seksual.

50

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014


GAYA HIDUP

“Perusahaan besar yang bergerak di bidang mode sekarang mempekerjakan model dengan jenggot dan tato untuk mendapatkan penampilan yang berbeda. Dan penampilan ini mulai disukai publik,” ungkapnya. Winter menumbuhkan jenggot selama 10 tahun dan dia mengatakan pertumbuhan jenggot dan kumis sudah berakar dalam sejarah. “Rambut di wajah diasosiasikan dengan maskulinitas, vitalitas seksual, dan daya tarik secara umum. Kalau melihat mitologi Yunani hampir semua dewa punya sejenis rambut di wajah; bisa berbentuk jenggot atau goatee,” terangnya. Penataan rambut wajah juga menjadi populer. Tanya saja Nicholas Watsford, yang memproduksi wax untuk jenggot dan kumis bernama Dubs Stache wax. “Saya bisa mengenakan gaya keriting kalau saya mau,” menurutnya. Watsford memutuskan untuk membuat wax organik setelah dia menggunakan wax yang tersedia di pasaran dan mengalami iritasi. Dia mengatakan menumbuhkan jenggot di Los Angeles bukan karena keranjingan, tapi merupakan gaya hidup. “Sekarang penampilan adalah hal utama. Sebagaimana kamu mewakili dirimu, seperti seringai singa. Itu yang berlaku sekarang,” katanya. Ribuan laki-laki di dunia menumbuhkan rambut wajah mereka di bulan November untuk menumbuhkan kesadaran akan masalah kesehatan lakilaki. Tapi beberapa laki-laki mempertahankan kesadaran tentang rambut wajah sepanjang tahun. Nathan “Chops” Johnson punya jenggot yang panjangnya sampai ke pinggang. “Saya sendiri yang mengurus jenggot saya. Saya tidak membiarkan seorangpun mendekatinya,” katanya. L.A. Facial Hair Society didirikan oleh dua laki-laki dan dua perempuan dengan tujuan mempersatukan komunitas jenggot dan kumis California dan mereka yang gemar bulu wajah. Alana Beck, salah satu perempuan pendiri perkumpulan itu bahkan mengatakan “Saya hanya berkencan dengan laki-laki berjenggot. Saya tidak suka kumis. Jenggot punya daya tarik kejantanan.” Roberto Campos, anggota, mengatakan bulu di wajah mempersatukan banyak orang. “Mendadak teman Facebook saya bertambah banyak sampai ribuan setelah bertemu dengan orangorang ini,” ujarnya. Anggota seperti Roberto dan “Chops” menikmati kompetisi bersahabat untuk melihat siapa yang bisa menumbuhkan jenggot dan kumis terbaik, tapi menurut mereka, membentuk keluarga yang unik, dan berbulu, menjadi sesuatu yang terpenting bagi mereka. VOA/ASN-013/MJF

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

51


Sosok

Dr. HJ. SH,M. HUM, MBA, MH

Marissa Haque, Caleg Terpanjang Gelarnya Dari dua belas partai politik peserta pemilu dan 6.607 caleg DPR RI, ditemukan beberapa caleg yang menggunakan lebih dari 4 gelar dalam daftar calon tetap (DCT).

ASN

52

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

foto: istimewa

S

alah satu caleg tersebut berasal dari Partai Amanat Nasional (PAN). "Seperti Marissa Haque Fawzi," kata Ahmad Adib Zain liaison officer PAN di kantor KPU,Jakarta, dalam acara 'Partai politik mengambil hasil koreksi dummy surat suara pada nama calon anggt DPR RI pada surat suara Pemilu 2014' di kantor KPU, Jakarta, Senin (30/12). Lebih jauh caleg nomor urut pertama dari daerah pemilihan (dapil) Bengkulu I tersebut menambahkan, istri aktor terkenang Ikang Fauzi tersebut menggunakan lima gelar akademik dan satu gelar keagamaan. "Jadi namanya di dalam surat suara yang akan dicetak Dr. HJ. Marissa Haque Fawzi. SH, M.HUM, MBA, MH," jelasnya. Lebih jauh ia menerangkan, rentetan gelar yang tercantum itu merupakan keinginan dari pihak terkait. PAN, lanjut Adib memberikan fasilitas berupa komputer dan laptop kepada setiap caleg untuk mengetik nama mereka masing-masing. "Jadi di kantor DPP ada 15 laptop, setiap caleg bisa tulis nama dan gelarnya sendiri," jelasnya. Selain itu dari pantauan Asatunews di lapangan masih ditemukan nama beberapa caleg yang juga mengenakan gelar bejibun diantarayanya, DR. Ir. H. Juniarso Ridwan, SH. MH, M.SI. Caleg PAN, No. 2 dapil Jawa Barat 1. Temuan lain dari Partai Persatuan Pembangunan misalnya KH. DR. HF, Masjkur Hasjim, MM, MBA, caleg PPP asal dapil Jatim 8 No. 1, serta DR. H. R. Achmad Dimyati Natalusumah, SH. MH, MSI, yang juga caleg PPP dari dapil DKI III.


Sosok

Ratih Sang, Baru Keluarkan 200 Juta

P

foto: istimewa

olitisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang juga modelling senior terkemuka Ratih Sanggarwati mengaku tidak mengeluarkan banyak dana selama proses pencalegan. “Sejauh ini saya baru keluarkan dana Rp 200 juta saja,” kata Ratih saat dijumpai Asatunews.com, seusai acara Harlah PPP yang ke 41 di markas DPP PPP, Mingu malam (5/1). Lebih jauh, wakil sekretaris jenderal DPP PPP tersebut menerangkan, alokasi dana tersebut habis untuk pembuatan material kampanye, seperti pembuatan kartu nama, spanduk, kaos, dan sebagainya. Sementara itu, ia mengaku selama menyambangi konstituen di daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat 9 dirinya tidak mengeluarkan dana sama sekali. Sebab, mayoritas pemilih mengaku telah mengenal dirinya, yang notabene sebagai publik figur dan pekerja seni. “Saya tidak pernah memberikan uang kepada konstituen, yang saya kerjakan adalah pemberdayaan kepada masyarakat dengan program padat karya dan ekonomi

mikro,” jelas wanita kelahiran Ngawi, Jawa Timur tersebut. Masih kata Ratih, dirinya akan berusaha keras dalam menjaga dan mengamankan perolehan suara yang akan ia raih dalam pileg tahun 2014. Ia tidak ingin, kejadian dalam pileg 2009 kembali terulang, dimana dirinya kehilangan 57.000 suara di daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur I. Salah satu langkah yang akan ia tempuh adalah dengan memperkuat saksi di tiap tempat pemungutan suara (TPS). Namun demikian, Ratih belum mau terbuka soal anggaran dana yang akan ia siapkan. “Nanti ya, sedang saya bicarakan dulu dengan DPP PPP. Soal besaran dananya nanti saya kabari,” tutup Ratih. ASN 024/MARCOPOLLO

A

rtis Hollywood, Jennifer Aniston, tampak mengenakan bikini yang berjemur di bawah sinar rmatahari. Ia berlibur sepekan dan memamerkan tubuhnya yang menakjubkan dengan mengenakan bikini. Liburannya bersama teman mainnya Courteney Cox dan Fianc Justin, kekasihnya di Cabo San Lucas, Meksiko. Aktris berusia 44 tahun itu hampir jatuh dari pakaian renang pirusnya yang cerah ketika sedang bersantai di tepi kolam renang. Dengan rambut karamelnya yang berkilau dan sepasang kacamata ‘pilot’ yang dipakainya tampak tertawa mengobrol dengan Justin yang mengenakan bisbol hitam. Teman mainnya, Courteney Cox, (49) , juga tampak sangat sexy dengan bikini hijau terangnya dan memamerkan tubuhnya yang ramping dengan belahan dada yang aduhai. Meraka telah hampir selama sepuluh tahun dalam acara hit komedi sampai tahun 2004. Jennifer dan justin yang menikmati istirahat berlibur dengan Courtney dan

bersama teman-teman lainnya dan partner, adalah liburan untuk melewatkan malam tahun baru nya kemarin di Mexico. Pasangan Jenifer dan Justin tampak bahagia sambil berbisik mesra dan mencium pipi dengan lembut. Jennifer yang berbikini hijau sebelumnya telah mengganti bikininya berwarna hitam dan berjemur di bawah sinar matahari sambil tiduran di paha kekasihnya. Pertemuannya pertama kali dengan Justin jauh sebelum mereka bersama-sama bekerja pada komedi Wonderlust, dimana mereka telah merasakan percikan romantis bersama saat itu. Pada bulan Mei 2011, mereka resmi bertunangan pada ulang tahun Justin, 10 Agustus 2012, setelah berpacaran selama 15 bulan. Liburan di Mexico adalah untuk bersama-sama menikmati saat bedua dan beristirahat setelah sama – sama sibuk dengan berbagai proyek. ASN

foto: istimewa

Jennifer Aniston, Liburan Bikini

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

53


foto: istimewa

Dialog

OKA RUSMINI

Ingin Ungkap Ketabuan Ida Ayu Oka Rusmini adalah perempuan Bali yang berani menguak tabu lewat karya-karyanya.

I

a seorang novelis, wartawan, juga ibu rumah tangga dari seorang anaknya semata wayang bernama Pasha. Oka, lahir dari pasangan Ida Ayu Made Wardhu dan Ida Bagus Made Gede keluarga Brahmana (Kasta tertinggi di Bali) di Jakarta, 11 juli 1967. Masa kecilnya dihabiskan di daerah Cijantung, Jakarta. Ketika SMU pindah ke Bali dan diterima di Universitas Udayana Fakultas Sastra. Ia selalu merasa tidak pandai bergaul dan lebih senang menyendiri, oleh karenanya ia tidak percaya pada persahabatan. Oka lebih dan sibuk dengan pikiran-pikirannya sendiri.

54

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

Inilah liputan Susi Andrini dari ASATUNEWS bagaimana Oka mnegungkap segala hal yang disampaikannya. “Mungkin ini terjadi karena aku terbaring sakit selama setahn karena terkena polio. oleh karenanya kakiku yang kiri lebih kecil dari yang kanan” katanya. Sebagaimana anak-anak normal lainnya Oka juga senang melakukan kegiatan – kegiatan seperti berenang, berlarian, ataupun memanjat pohon. Jika ada teman-temannya yang menggangu, tak segan – segan ia akan memukulnya. Meskipun perempuan , ia tak suka diremehkan karena ada saja teman-temannya yang nakal mengganggunya atau mengejek kakinya yang kecil sebelah. “Aku menjelma menjadi anak yang berkarakter keras. Jika teman-temanku mengejek. Aku akan memukul mereka.” Ungkapnya. Meski kakinya kecil sebelah ia tidak mau cengeng dan tetap bermain


Dialog

Proses Berkarya Dunia tulis menulis sudah diakrabinya sedari kecil. Bermula dari senang menulis buku harian, sampai berkelanjutan sampai sekarang. Ia banyak melihat ketimpangan-ketimpangan budaya Bali dalam persoalan gender. Terutama perempuan yang banyak teraniaya. Lewat karya-karyanya ia tuangkan itu semua, apa yang dilihat, dirasakan dan di dengarnya. Ia menulis tentang arti dan perjuangan perempuan. Bagaimana mereka berhadapan dengan tubuhnya, libido, agama dan masyarakatnya. Baca karyanya “Tarian Bumi” novel dengan bahasa yang menggelitik, menggugah hati perempuan untuk mencoba mengenali tubuhnya sendiri. Potret wanita Bali dalam kasta tertinggi tergambar jelas. Ia juga mengungkapkan adat dan budaya Indonesia yang menganut sistem patriarki dalam perkawinan. Sagra, kumpulan cerpennya, juga mengungkap beragam karakter perempuan yang berhadapan dengan kondisi yang berbeda. “buku-bukuku berisi -tulisan yang sangat ‘keras’ di dalamnya terdapat potret perempuanperempuan keras, yang tidak pernah mengeluhkan hidupnya,” kata Oka. Latar ceritanya sangat kental dengan budaya Bali. Meskipun masih keturunan “Brahmana” kasta tertinggi di Bali, ia berani menelanjangi adat istiadat budayanya sendiri, tanpa merasa tabu dan malu. “Aku dibesarkan dalam lingkungan itu, betapa berat sebenarnya menjadi perempuan, apalagi perempuan Bali. Aku ingin mengangkatnya, agar para perempuan bisa memahaminya juga para lelaki.” Ujar Oka. Menurutnya, meskipun saat ini adalah zaman post-modern, masih ada saja yang mempersolakan masalah kasta. Banyak aturan-aturan adat yang memberi kesan membelenggu kaum wanita. Inilah yang ingin diangkat Oka lewat karya-karya novel ataupun puisinya. “Memang inilah kenyataan yang terjadi selama ini. Aku menulis novel tidak asal menulis saja. Pengamatan, wawancara bahkan riset kulakukan sebagai penunjang.” Kata Oka. Ia juga menuangkan hasrat dari perempuan dalam karyanya Sagra. Simak kalimat yang ditulisnya dalam sagra, “……… tidak inginkah kau bermimpi menyentuhku? Tidak pernahkah kau merasa kehilangan bayang-bayangmu? Tahukah kau bahwa seringkali aku mencurinya, lalu mengajak bayanganmu menguliti tubuhku sampai aku memekik dan berkeringat……” (Sagra, hal 107 – 108) Sementara kumpulan puisinya ‘Pandora’ lebih banyak menuliskan kepedihan, kesakitan maupun ketegaran perempuan. Pandora dalam mitologi Yunani adalah wanita utusan zeus yang diciptakan untuk menghukum umat manusia. Dia menjadi simbol penderitaan. Berawal dari kisah Prometheus yang membocorkan rahasia penciptan api para Dewa kepada manusia, dan ketika Prometheus menipu Zeus dalam qurban.

foto: istimewa

bersama teman-teman sebayanya. Tak pernah lupa dalam ingatannya, bersama teman-teman kecilnya ia sering naik getek sampai Tanjung Barat untuk mencuri jambu dan pepaya. Tapi jka sedang sedih Oka lebih suka sendiri untuk menuangkan segala kesedihannya. Semua harapan dan cita-citanya ia tuangkan dalam buku harian. Namun anehnya buku yang sudah terisi penuh setiap tahunnya itu ia bakar habis. Sambil menangis, ia ucapkan selamat pada dirinya sendiri, “Salamat Ulang Tahun, Oka.” Ujarnya.

Aku dibesarkan dalam lingkungan itu, betapa berat sebenarnya menjadi perempuan, apalagi perempuan Bali. Aku ingin mengangkatnya, agar para perempuan bisa memahaminya juga para lelaki.

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

55


56

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

foto: istimewa

Dialog


Dialog

foto-foto: istimewa

Dia meletakkan dua persembahan korban di Olimpia: yang pertama adalah daging kerbau yang disembunyikan dalam perut sapi (makanan yang tersembunyi di dalam bungkus yang menjijikkan), dan yang kedua adalah tulang kerbau yang dibungkus secara rapi dalam ‘lemak yang mengkilat” (sesuatu yang tidak bisa dimakan di dalam bungkus yang menggiurkan). Zeus memilih yang terakhir sehingga untuk masa-masa berikutnya manusia berhak menyimpan daging untuk mereka sendiri dan membakar tulangnya serta kemudian membungkusnya dalam lemak sebagai persembahan untuk dewa. Hal ini diketahui oleh Zeus, dia pun marah dan menghukum Prometheus. Dia merantai Prometheus di sebuah gunung bernama kaukasus, setiap hari akan datang seekor burung elang yang akan memakan hatinya, setiap kali itu pula hatinya akan pulih di

keesokan harinya. Perbuatan Prometheus ini juga mengakibatkan Zeus menghukum manusia dengan menciptakan Pandoora, dia dinikahkan dengan Epimetheus. Saudara Prometheus. Dihari pernikahannya dengan Epimetheus, Pandoora di beri hadiah oleh Zeus berupa sebuah kotak yang dinamai Pandora. Promotheus mengetahui hal ini, dia melarang Pandoora untuk membukanya. Namun karena penasaran ingin mengetahui isi sebenarnya dari kotak cantik itu, Pandoora pun membukanya, dan dia melihat segala keburukan (kejahatan, penghianatan, kesengsaraan dan berbagai macam penyakit) akan tetapi Pandoora pun juga melihat masih ada harapan di dalamnya. Simak HIBRID SA, “ ……………Aku ingin jadi dia yang melepas seluruh serat. Mungkin akan kupahami arti tubuh laki-laki. Kenapa aku hanya punya sepotong lelaki? Tidak bisakah kumiliki dua-tiga potong? Mungkin akan kupahami tubuhku sendiri. Aku akan terus berpesta. Tak ada lagi daging-daging yang menggayuti ranting perutku. Menunggui aku tua sambil mengelus kulitku yang coklat dan keriput. Tak dapatkah kau menemaniku sampai usiaku kehabisan angka? Bersamamu semua menerabas liar. Asing. Kusadari arti tubuh, luka dan penghinaan. Bersamamu tak ada kasta dan agama. Bahkan tuhan pun takut mendekat. Mari jahit hatiku. Sebelum seorang lelaki datang menawarkan sekeranjang bunga. 2005 Karya itu ditujukan untuk karibnya di Bali yang menanggung kepedihan karena merasa kesepian, kehangatan, kesengsaraan, namun ia tetap bertahan pada kebusukan lelaki yang dicintainya, Tapi ia tetap tegar karena merasa masih ada secercah harapan… seperti Pandora kotak yang diberikan Zeus untuk Pandoora. Sampai saat ini Goresan tinta Oka masih terus gemulai menorehkan kegelisahan pikiran – pikiran lliarnya dalam karya –karya nya yang bermutu. Tak ayal ia sering diundang ke luar untuk membicarakan karyakaryanya dan mendiskusikannya, sebagai perempuan novelis, penyair dan seorang ibu dari Pasha Renaisan, 14. buah cintanya dengan Arif Bagus Prasetyo. Kumpulan karya puisi berikutnya adalah Spora yang mengisahkan tentang biografi kirinya yang berisi 40 karya. Teruslah berkarya, jangan pernag berhenti. karena karya mu abadi… ASN

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

57


foto: istimewa

DUNIA

Suriah:

AS dan Iran Harus Selamatkan dan Jauhkan Kehancuran Perundingan damai Jenewa belum temukan titik terang. Walau Ada Pendapat Irn dan AS Bisa Selamatkan Suriah. Namun konflik sektarian di Suriah sangat ideologis , sehingga sangat sulit Dipertemukan. Apalagi Arab Saudi terus mendukung secara Moral dan financial terhadap oposisi kelompok Ahlul Sunnah Waljamaah , disatu pihak Iran bersama tentara Hezbollah yang shiah membela mati-matian Presiden Hafes Al Assad bersama kelompok Alawitenya.

58

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014


DUNIA

foto: istimewa

P

erang saudara di Suriah sampai saat ini belum menemui titik terang menuju perdamaian, walaupun kini tengah dibahas dalam perundingan damai di Jenewa. Namun ada angin segar dari mantan perunding nuklir Iran dengan Barat, Hossein Mousavian.”Kerja sama antara Iran dan Amerika Serikat dapat membantu menyelamatkan Suriah,” kata mantan perunding nuklir Iran dengan Barat, Hossein Mousavian. Dalam satu wawancara dengan harian La Vanguardia, Spanyol, yang diterbitkan Minggu, Mousavian mengatakan, pada kesepakatan Jenewa antara Iran dan P5+1 pada 24 November lalu, kedua pihaklah yang menang. Pada satu sisi, untuk pertama kalinya sejak kemenangan Revolusi Islam pada 1979, Barat mengakui hak Iran untuk pengayaan dan setuju meringankan sanksi terhadap negara itu, satu prestasi bagi Teheran dan meningkatkan posisi Iran di tingkat internasional, kata Mousavian. Pada lain pihak, Iran setuju mengambil langkahlangkah membangun kepercayaan dan menunjukkan transparansi atas program nuklirnya yang dianggap sebagai keberhasilan bagi P5+1, katanya. Dia mengungkapkan harapan untuk kesepakatan akhir. Ditanya apakah Iran dan AS akan menjadi sekutu, Mousavian mengatakan, “Terlalu dini untuk berbicara tentang hal itu, tetapi dalam mengikis ketegangan adalah mungkin.” Para diplomat veteran dan mantan duta besar untuk Jerman mengatakan bahwa ketidakpercayaan antara Iran dan AS sangat dalam dan butuh waktu bagi mereka untuk menormalkan hubungan. “AS sebagai kekuatan utama internasional dan Iran sebagai kekuatan regional penting dapat memainkan peran penting untuk menyelesaikan semua krisis di Timur Tengah, Asia Tengah, Kaukasus, Afghanistan, Irak dan Suriah.” Dia merujuk kepada pemerintah Suriah tentang penerimaan untuk kerja sama memberantas senjata kimia bekerja sama dengan Organisasi Pelarangan Senjata Kimia yang bermarkas di Den Haag sebagai contoh kerja sama antara Iran dan Amerika Serikat untuk membantu mengakhiri krisis kemanusiaan di Suriah . Iran dan Amerika Serikat berhasil bekerja sama di Afghanistan pada 2001 dalam perang melawan AlQaeda, kata Mousavian, dan menambahkan, mereka dapat bekerja sama sekali lagi untuk menyelamatkan Suriah ketika konflik etnis Suriah menyebar ke Irak dan Lebanon, menewaskan ratusan orang tak berdosa. Mousavian mengatakan, pembicaraan langsung antara para pejabat Iran dan AS serta pemberantasan senjata kimia di Suriah adalah dua prestasi yang katanya tidak bisa dilakukan tanpa kerja sama Iran-AS. Dia menjelaskan, masih banyak yang harus dilakukan untuk meredakan ketegangan antara Teheran dan Washington. Sebenarnya harapan perdamaian datang dari Oposisi di Suriah. Pemberontak Suriah di Barzeh, Damaskus utara, Minggu, menyetujui gencatan senjata lokal dengan rezim Presiden Bashar al-Assad setelah hampir satu tahun pertempuran dan pemboman, kata para aktivis seperti dikutip AFP. “Setelah berunding intensif dalam beberapa hari terakhir antara rezim dan Tentara Pembebasan Suriah melalui mediator dari lingkungan, perjanjian berikut telah tercapai: yakni gencatan senjata antara kedua belah

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

59


foto: istimewa

DUNIA

pihak,” kata pernyataan yang diposting oleh dewan oposisi lokal. Kedua pihak juga menyepakati “penarikan tentara Bashar dari semua wilayah Barzeh, dan pembersihan jalan-jalan (mayat-mayat yang ditinggalkan)”. “Tentara Pembebasan Suriah akan menangani pengaturan lalu lintas “melalui kabupaten, yang telah diblokir sejak oposisi mengambilalih daerah itu,” kata pernyataan itu. Aktivis setempat Abu Ammar mengatakan kepada AFP melalui internet bahwa meskipun klausal yang disepakati belum dilaksanakan,” intensitas pertempuran telah sangat berkurang dalam tiga hari terakhir.” Gencatan senjata juga membuat penduduk yang melarikan diri kembali dalam waktu dua pekan dan layanan-layanan umum akan beroperasi kembali. Satu kelompok penting dalam arus utama oposisi Koalisi Nasional Suriah Jumat menegaskan bahwa pihaknya tidak akan menghadiri perundingan perdamaian yang dijadwalkan pada akhir bulan ini di Swiss. “Setelah pertemuan dengan banyak delegasi internasional dalam beberapa pekan terakhir ... Dewan Nasional Suriah menegaskan ia melihat tidak ada alasan untuk menghadiri konferensi Jenewa,” kata anggota SNC

60

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

Samir Nashar kepada AFP melalui telepon. Nashar juga memperkirakan bahwa Koalisi Nasional, yang masih belum mengambil keputusan definitif, akan sama tidak muncul. Pengumuman Jumat mengulangi pernyataan Presiden SNC George Sabra pada Oktober bahwa kelompok itu telah mengambil “keputusan tegas “ untuk tidak menghadiri pembicaraan. Pada saat itu, Sabra juga mengatakan SNC akan mundur dari Koalisi Nasional jika memutuskan untuk hadir. SNC, yang merupakan salah satu anggota paling penting dari oposisi, telah lama mengatakan tidak akan bernegosiasi sampai rezim Presiden Bashar al-Assad digulingkan. Setelah berbulan-bulan penundaan, telah ditetapkan 22 Januari untuk pembicaraan damai, tetapi keraguan masih ada tentang apakah konferensi akan terus berlangsung. Pembicaraan awalnya dijadwalkan akan diadakan di kota Jenewa Swiss tetapi telah pindah ke dekat Montreux. Nashar mengatakan, keputusan itu diambil setelah diadakan banyak pertemuan, termasuk dengan “Sahabat Suriah”, kelompok negara-negara yang mendukung oposisi, kata Utusan PBB-Liga Arab Lakhdar Brahimi dan kementerian luar negeri Rusia. “Seluruh ide Jenewa cacat. Hal ini didasarkan karena menjembatani tuntutan rezim Suriah dan oposisi, dan menempatkan mereka pada pijakan yang sama. Kami menolak hal ini,” kata Nashar. “Tidak ada masyarakat internasional yang menawarkan akan membuat kami merevisi keputusan kami sebelumnya.” SNC telah lama berpandangan tidak perlu ada pembicaraan tanpa jaminan mereka akan menyebabkan jatuhnya Bashar al-Assad . “Dan pesan yang kita peroleh adalah bahwa apakah Bashar tetap atau mundur akan terserah kepada rakyat Suriah untuk memutuskan. Amerika Serikat mendukung permintaan kami bahwa ia harus jatuh, tetapi Rusia tidak menerima hal ini sebagai prasyarat,” kata Nashar.. Anggota parlemen Iran mengatakan, Amerika Serikat gagal menggalang dukungan internasional untuk menyerang Suriah dan menyebut para pejabat AS sangat menyadari fakta bahwa tindakan tersebut akan memasukkan Israel ke dalam lingkaran api. Wakil Ketua Majlis untuk Komite Keamanan Nasional dan Kebijakan Luar Negeri, Mansour Haqiqatpour pada Rabu mengatakan, Amerika tidak bisa menciptakan konsensus yang diperlukan di dalam rumahnya sendiri atas opsi rencana serangan di Suriah. Dan menurutnya, proposal Rusia kepada Suriah untuk menempatkan senjata kimia di bawah kontrol internasional sangat menguntungkan dan kesempatan untuk mundur secara teratur. “Amerika menyadari, jika mereka melakukan kesalahan, mereka akan menyandera rezim Israel di wilayah tersebut, dan akan binasa di bawah api front perlawanan dan Suriah,” jelasnya. Haqiqatpour lebih lanjut menyebut, kurangnya dukungan domestik dan internasional mengenai opsi serangan AS di Suriah menunjukkan kegagalan unilateralisme di dunia. “Aliansi strategis antara Iran, Cina dan Rusia merupakan bentara akhir dunia unipolar dan bergerak menuju satu multipolar,” tambahnya.


DUNIA

Foto: istimewa

Presiden Lebanon Michel Sleiman

Mereka tidak menginginkan stabilitas negara ini. Mereka punya rencana konspirasi keji untuk menenggelamkan Lebanon dalam perselisihan sektarian.

Sebelumnya, presiden Rusia, Vladimir Putin mengatakan Amerika harus menolak opsi aksi militer terhadap Suriah agar negara itu bisa menerapkan usulan Moskow menempatkan gudang senjata kimianya di bawah pengawasan internasional. Putin mengusulkan inisiatif untuk meredakan retorika perang Washington terhadap Damaskus. “Sulit membuat negara manapun--Suriah atau negara lain, pemerintahan lain di dunia--untuk dilucuti secara sepihak saat sebuah serangan tengah dipersiapkan untuk melawannya,” tambah Putin. “Sudah diketahui dengan baik bahwa Suriah memiliki gudang senjata kimia tertentu dan Suriah selalu mempertimbangkannya sebagai alternatif untuk [melawan] senjata nuklir Israel,” kata Presiden Rusia itu Iran harus menyampaikan komitmennya pada Komunike Jenewa untuk bisa ikut dalam konferensi perdamaian mendatang mengenai krisis Suriah pada Januari, kata Gedung Putih, Senin (6/1). Iran, sekutu utama regional bagi Pemerintah Suriah, telah menyatakan Negara Persia itu siap memainkan peran “konstruktif” dalam Konferensi Jenewa II jika diundang.

Pertemuan tersebut, yang dijadwalkan diadakan pada 22 Januari, bertujuan mengakhiri konflik tiga-tahun di Suriah. Tujuan Konferensi Jenewa II ialah memajukan prinsip yang diletakkan dalam Komunike Jenewa, kata Juru Bicara Gedung Putih Jay Carney dalam satu taklimat. “Tentu saja, anda tak bisa ikut secara konstruktif, jika anda tidak menerima semua prinsip itu dan secara terbuka mengatakan penerimaannya,” ia menambahkan sebagaimana dikutip Xinhua Sekretaris Jenderal PBB Ban K-moon pada Senin mulai mengirim undangan buat pertemuan Jenewa II. Iran tidak termasuk dalam negara babak pertama di dalam daftar tersebut, yang disepakati oleh wakil dari AS dan Rusia bersama pejabat PBB dalam pertemuan yang diselenggarakan pada 20 Desember. Menurut Marie Harf, wanita Juru Bicara Departemen Luar Negeri, Menteri Luar Negeri AS John Kerry akan melakukan pembahasan dengan pejabat Rusia dalam upaya memutuskan peran Iran dalam konferensi itu. Sekalipun Iran tak menghadiri konferensi tersebut pada tingkat yang lebih rendah, Teheran harus memperlihatkan “keinginan dan kesediaan” untuk memainkan peran konstruktif dalam proses itu, kata Harf pada Senin. Sebuah bom mobil meledak dan menewaskan empat orang di Beirut, Lebanon, Kamis. Insiden di Lebanon punya kaitan erat dengan perang di Suriah antara rezim Bashar al-Assad dengan kubu oposisi. Presiden Lebanon Michel Sleiman mengatakan pelaku pemboman di Beirut, Kamis (2/1/2014), adalah orang-orang yang sama dengan para teroris, pelaku pembunuhan dan perusakan di seluruh Lebanon. Sleiman dalam pernyataannya menyerukan solidaritas dan dialog di antara para pemimpin Lebanon yang terpecah-belah. Dia pun memerintahkan aparat keamanan untuk melipatgandakan upaya untuk membawa pelaku peledakan ke pengadilan. Caretaker Perdana Menteri Lebanon Najib Mikati mengatakan teroris tak membeda-bedakan sasaran. “Mereka tidak menginginkan stabilitas negara ini. Mereka punya rencana konspirasi keji untuk menenggelamkan Lebanon dalam perselisihan sektarian,” ujar dia. Serangan bom di Beirut ini merupakan yang keempat setelah Hizbullah mengumumkan dukungan terhadap rezim Bashar al-Assad di Suriah pada April 2013. Bom ini meledak tak lebih dari sepekan setelah serangan di pusat kota Beirut yang menewaskan delapan orang, dengan Mohammad Chatah merupakan salah satu korban. Chatah adalah mantan Menteri Keuangan Lebanon yang dikenal sebagai pengritik keras Hizbullah dan rezim Assad di Suriah. Selain dua serangan tersebut, dua bom lain sebelumnya meledak di Kedutaan Iran. Ledakan pertama pada 15 Agustus 2013 menewaskan 27 orang. Sementara ledakan lain tak memakan korban jiwa meskipun 50-an orang terluka. Mantan Perdana Menteri Lebanon, Saad Hariri, mengatakan rentetan ledakan di Beirut ini adalah kejahatan. Sehari sebelumnya, Rabu (1/1/2014), Menteri Pertahanan Lebanon Fayez Ghosn mengatakan tentara telah menangkap pelaku yang mengklaim sebagai penyerang kedutaan besar Iran.

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

61


foto: istimewa

DUNIA

Manusia Perahu Australia Bikin Indonesia Meradang Hubungan Inonesia dan Australia kembali meradang. Pasalnya segala cara kini ditempuh Australia untuk ‘’menahan’’ laju arus pengungsi ke Australia, sehingga Menyebabkan Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa meradang dan marah terhadap Australia.

“I

ndonesia menolak dan menentang kebijakan pengembalian kapal pencari suaka ke perairan Indonesia yang diberlakukan oleh Australia,’’ penegasan ini disampaikan Marty menanggapi insiden dikembalikannya kapal pencari suaka yang berlayar dari perairan Indonesia menuju Australia pertengahan Desember lalu. Kantor berita ABC menulis kapal berisi manusia perahu asal Sudan dan Somalia itu digiring masuk ke perairan Indonesia oleh Angkatan Laut Australia. “Karena ini bukan suatu solusi. Kalau kita semua menerapkan pendekatan ini, di mana ujung pangkalnya?” seru Marty. “Apakah setiap negara akan melakukan hal serupa? Indonesia mengembalikan kapal dari negara lain?” “Oleh karena itu, kita mengharapkan penyelesaian yang lebih baik,” tegasnya Selasa (07/01), seperti dilaporkan wartawan BBC Indonesia, Christine Franciska. Pada 19 Desember 2013 lalu kapal bermuatan 47 orang itu kembali masuk ke perairan Indonesia dan kemudian dikabarkan kehabisan bahan bakar. Kapal akhirnya kandas di Pulau Rote, demikian ABC melaporkan.

62

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

‘Bukan serta merta’ Akhir tahun lalu, Perdana Menteri Australia Tony Abbott menerapkan kebijakan baru yang ketat untuk mencegah pencari suaka masuk ke wilayah Australia. Sejumlah pencari suaka yang datang dengan perahu dari Indonesia akan digiring balik ke perairan Indonesia. Tetapi hingga saat ini pemerintah Indonesia masih menghentikan tiga kerja sama termasuk dalam bidang pengelolaan pencari suaka setelah muncul tuduhan intelejen Australia memata-matai pejabat Indonesia. Marty Natalegawa meyakini pada waktunya nanti hubungan akan kembali seperti sedia kala dan kerjasama dipulihkan. “Hubungan saat ini tidak optimal, tidak seoptimal sebelumnya. Tapi saya yakin ini adalah sebuah pengecualian,” tambahnya. “Tapi perbaikan hubungan adalah suatu proses, bukan suatu yang bisa serta merta diciptakan dengan pengesahan suatu dokumen. Yang perlu dikembalikan saat ini adalah rasa saling percaya.” Pemerintah Australia dikabarkan akan membeli 16 buah perahu karet untuk menolong pencari suaka kembali ke Indonesia. Dengan perahu penolong itu,


DUNIA

pencari suaka yang kapalnya dicegah memasuki perairan Australia, akan diangkut kembali ke perairan Indonesia. Menurut laporan kelompok media Fairfax dan suratkabar West Australian, pemerintah saat ini sedang memproses pembelian perahu karet ukuran besar, yang dilengkapi dengan mesin. Kabar ini mencuat setelah Selasa (7/1/2014) terungkap laporan bahwa pihak Angkatan Laut Australia mencegah perahu pencari suaka dan memaksanya kembali ke perairan Indonesia. Menteri Imigrasi Scott Morrison tidak membantah informasi tersebut, dengan mengatakan pihaknya tidak akan mengomentari urusan teknis operasi Kedaulatan Perbatasan. Namun pejabat sementara Jurubicara Oposisi bidang Imigrasi Partai Buruh Mark Dreyfus kepada ABC mengatakan, pemerintah harus menjelaskan apa yang terjadi. “Kami tidak terima kalau kita hanya dibiarkan menebak apa yang terjadi,” katanya. “Satu-satunya alasan mengapa pemerintah menutupi hal ini, karena menteri dan perdana menteri tidak ingin rakyat Australia tahu bahwa keputusan mereka akan merusak hubungan dengan Indonesia”. Sementara Senator Sarah Hanson-Young dari Partai Hijau mengatakan, “Tadinya kita dengar pemerintah akan menghentikan kedatangan perahu, kemudian mereka bilang akan membeli perahu nelayan di pantai-pantai Indonesia, sekarang mereka akan memberikan perahu untuk para pencari suaka”. Laporan Fairfax mengutip sumber di Departemen Pertahanan, yang mengatakan pembelian perahu karet ini dimaksudkan sebagai antisipasi terhadap taktik penyelundup manusia yang sering menggunakan perahu tua, dan kemudian menyabotase perahunya sendiri agar ditolong oleh regu penyelamat Australia. Perahu karet penolong ini digambarkan bisa mengangkut puluhan orang bersama suplai makanan air air minum paling tidak selama seminggu. Sementara itu Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa menyatakan kembali sikap Indonesia atas kebijakan Pemerintah Australia memaksa perahu pencari

suaka kembali ke Indonesia. “Saya ulangi sekali lagi, kami menolak kebijakan memaksa perahu pencari suaka kembali (ke Indonesia),” tegasnya. Namun demikian, Menteri Natalegawa mengatakan, pihaknya hampir setiap hari melakukan kontak dengan mitranya Menlu Julie Bishop. Menteri Imigrasi Australia Scott Morrison mengatakan program penghadangan perahu pencari suaka masih bisa berjalan tanpa kerja sama Indonesia setelah pemerintah Indonesia. Pernyataan tersebut dikeluarkan setelah Indonesia menyatakan menghentikan sementara sejumlah kerjasama termasuk masalah pencari suaka menyusul tuduhan bahwa Australia menyadap telepon Presiden Susilo Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, ibu negara, dan pejabat-pejabat lain. Scott Morrison mengatakan operasi menghadang pencari suaka yang masuk ke wilayah Australia dengan menggunakan perahu tidak tergantung dengan satu mitra saja. “Saya menegaskan bahwa operasi kami dirancang untuk tidak tergantung pada satu langkah atau mitra tunggal,” katanya dalam keterangan pers di Sydney, Jumat (22/11). Namun ia mengakui bahwa Indonesia adalah mitra sangat penting. “Indonesia telah menjadi mitra sangat penting dan menjadi mitra yang bertindak sebagai warga internasional yang besar guna menangani momok penyelundupan manusia,” kata menteri imigrasi seperti dikutip kantor berita AFP. Sebuah surat kabar Australia melaporkan sekitar 1.150 pencari suaka berhasil dicegah menggunakan perahu di Indonesia, Malaysia, dan Sri Lanka dengan tujuan Australia. Sebagian besar jumlah tersebut berada di Indonesia. Disebutkan aksi mereka digagalkan karena adanya “gangguan” polisi di lapangan. Setelah serangkaian pernyataan keras dari Jakarta, Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa menyatakan Australia telah menyebabkan rusaknya hubungan dengan Jakarta yang “hampir tak bisa dipulihkan”.

Foto: Foto: istimewa

Menteri Imigrasi Australia, Scott Morrison

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

63


DUNIA

Pernyataan Marty ini adalah yang kesekian kalinya sebagai bentuk protes, setelah manusia perahu ini beberapa waktu lalu ketegangan hubungan kedua Negara terjadi atas dugaan penyadapan yang dilakukan intelejen Australia terhadap sejumlah pejabat Indonesia sebagaimana muncul dalam berita surat kabar di negara tersebut. “Australia harus melakukan tindakan nyata dan memberi sinyal kuat untuk memperbaiki kerusakan yang hampir, hampir tak dapat dipulihkan ini,” kata Marty dalam sebuah wawancara khusus dengan BBC. Dalam beberapa hari sejak berita dari bocoran buron intelejen AS, Edward Foto: istimewa Snowden, muncul pernyataan keras silih berganti dari Menteri Imigrasi Australia, Scott Morrison Jakarta. Setelah mengumumkan melalui akun Twitter-nya yang mengatakan Indonesia menkaji ulang kebijakannya dengan Australia, hari ini Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kembali menyatakan sedikitnya ada tiga program kerja sama dihentikan sementara, termasuk didalamnya kebijakan penting menyangkut pencari suaka ilegal yang menjadi salah satu mata kampanye terpenting pemerintahan PM Tony Abbott. Kebijakan tentang manusia perahu yang dibungkus dalam kerja sama militer dua negara itu menurut Presiden Yudhoyono akan dihentikan menunggu penjelasan Australia. Namun menurut laporan kantor berita Associated Press, tekanan terhadap Australia juga dilakukan pada bidang-bidang lain termasuk pembatalan jadwal kunjungan resmi pejabat Indonesia. “Pokoknya secara keseluruhan itu ada upaya untuk me-review semua hubungan,” tukas Marty. Sejumlah pengamat bahkan menyarankan agar dilakukan pengusiran terhadap diplomat Australiauntuk menekankan kemarahan Jakarta.. Christine Milne dari Partai Hijau di parlemen meminta PM Abbott memberi penjelasan pribadi pada sekutunya di Jakarta. Milne mengatakan sengketa diplomatik ini memburuk menjadi kasus pribadi karena selain para pejabat negara, turut disadap pula Ibu Negara Ani Yudhoyono. “Satu-satunya cara Tony Abbott memperbaiki situasi ini adalah dengan mengangkat telepon .... bicara langsung pada Presiden Yudhoyono seperti dilakukan Presiden Obama dengan (Kanselir) Angela Merkel,” tukas Milne. Patroli Angkatan Laut Australia dikabarkan telah mencegah sebuah perahu pencari suaka memasuki perairan negara itu, dan memaksanya kembali ke wilayah perairan Indonesia. Hal ini diketahui terjadi sebelum musim liburan Natal, tetapi baru dilaporkan dalam media di Indonesia saat ini. Sumber informasinya mengutip Twitter dari

64

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

Australia harus melakukan tindakan nyata dan memberi sinyal kuat untuk memperbaiki kerusakan yang hampir, hampir tak dapat dipulihkan in.

aktivis pembela pencari suaka. Menurut laporan kantor berita Antara, sebanyak 47 orang pencari suaka ditangkap polisi di Pulau Rote, NTT, bulan lalu. Kepala kepolisian setempat, Hidayat, menjelaskan, para pencari suaka itu mencoba memasuki perairan Australia di Kepulauan Ashmore, tetapi dicegah patroli Australia dan dipaksa kembali ke perairan Indonesia. Hidayat mengatakan, pencari suaka yang umumnya berasal dari Sudan dan Somalia ini berangkat dari Sulawesi Selatan pada 8 Desember lalu. Mereka terdeteksi patroli Australia pada 13 Desember dan dipaksa kembali ke wilayah Indonesia. Beberapa hari kemudian, tepatnya 19 Desember, perahu mereka ditemukan sudah kandas di sekitar Pulau Rote karena kehabisan bahan bakar. Saat itulah patroli Indonesia menjemput mereka. Pemerintah Australia menolak berkomentar atas informasi ini dengan alasan keamanan operasi. Namun, Partai Buruh yang beroposisi dan juga Partai Hijau mendesak pemerintah terbuka atas masalah ini. Senator Sarah Hanson-Young dari Partai Hijau mengatakan, kejadian ini sangat serius dan harus diklarifikasi oleh Menteri Imigrasi Scott Morrison. “Situasinya adalah, ada sebuah perahu yang dicegah dan dipaksa kembali oleh petugas Australia, dan akibatnya perahu tersebut kandas. Penumpangnya bisa tenggelam,” katanya. Pemerintah Australia sebelumnya menyatakan akan mencegah dan memaksa kembali setiap perahu yang masuk ke wilayah perairan negara itu, “jika kondisinya aman dan memungkinkan”, sebagai bagian dari kebijakan pencari suaka. Di bawah Operasi Kedaulatan Perbatasan, Menteri Morrison secara rutin memberikan keterangan pers mingguan setiap hari Jumat. Morrison biasanya menolak menjelaskan teknis operasi yang dilakukan petugas Australia dengan alasan keamanan. MJF


DUNIA

Iklan Layanan Masyarakat ini dipersembahkan oleh ASATUNEWS.COM untuk Indonesia perangi NARKOBA!!! Š2013 ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

65


SENI

Gamelan Jawa Jadi Ilustrasi Film Kedua foto: istimewa

‘The Hobbit’

Suara gamelan yang merdu berhasil menarik perhatian sutradara film Hollywood, Peter Jackson, untuk mengikutsertakan warisan budaya Indonesia ini sebagai bagian dari ilustrasi musik film the Hobbit: The Desolation of Smaug.

Foto: Dok-Budi S. Putra

Budi Surasa Putra, Music Director kelompok Gamelan Padhang Moncar di Selandia Baru.

66

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

S

aat menggarap film kedua dari trilogi film Hobbit ini, Peter Jackson memang sengaja mencari suara musik yang baru, khususnya musik dari Timur. Inilah yang mengawali keterlibatan kelompok gamelan Jawa, Gamelan Padhang Moncar, di Selandia Baru dalam film yang juga melibatkan animator Indonesia, Rini Sugianto dalam penggarapan karakter animasinya. Semua ini berawal dari keikutsertaan kelompok gamelan Padhang Moncar dalam beberapa pementasan New Zealand Symphony Orchestra, kelompok yang menggarap ilustrasi musik, khususnya musik Barat untuk film the Hobbit ini. “Dari sana mulai ada titik terang. Music Director dari the Hobbit menghubungi New Zealand Symphony Orchestra dan mereka memberikan nama saya untuk melihat gamelan,” papar Music Director dari kelompok Gamelan Padhang Moncar, Budi Surasa Putra (44 tahun), kepada reporter VOA, Dhania Iman, baru-baru ini. Proses hingga terpilihnya gamelan untuk digunakan dalam ilustrasi musik film the Hobbit ini tidak pendek. Pihak film the Hobbit tidak lantas setuju begitu saja untuk menggunakan gamelan dalam penggarapan ilustrasi musiknya. Setelah melihat langsung instrumen gamelan milik kelompok Gamelan Padhang Moncar, Budi kemudian memberikan rekaman contoh musik gamelan untuk didengarkan lebih lanjut. “Langkah selanjutnya, mereka datang dengan kru dan mencoba untuk merekam suara-suara itu (gamelan). Setelah itu mereka coba memasukkan nada-nada yang mereka mau di suara gamelan, yang seperti ada ditrailer,” ujar pria yang juga berprofesi sebagai dosen mata kuliah gamelan di New Zealand School of Music di Selandia Baru ini.


SENI

Foto: Dok-Budi S. Putra

Budi Surasa Putra dalam acara kolaborasi kelompok gamelan Padhang Moncar dengan kelompok gamelan Prasasti, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta Juli 2013.

Foto: Dok-Budi S. Putra

Pementasan kelompok Gamelan Padhang Moncar di Solo tahun 2013.

Foto: Dok-Budi S. Putra

Pementasan kelompok Gamelan Padhang Moncar di Indonesia.

Foto: Dok-Budi S. Putra

Pementasan kelompok Gamelan Padhang Moncar.

Salah satu adegan dimana alunan gamelan terdengar adalah ketika karakter Bilbo Baggins yang diperankan oleh aktor, Martin Freeman, berjalan di atas harta karun di Lonely Mountain, tempat tinggal para kurcaci yang telah diambil alih oleh sang naga atau Smaug. Suara gemerincing koin emas yang tersimpan di Lonely Mountain tersebutlah yang dihasilkan oleh suara gamelan. “Suara gamelan itu sudah dicampur dengan suara musik-musik yang lain. Mungkin dari banyak adeganadegan itu ada suara gamelannya, karena jenis suara yang direkam itu banyak sekali,” cerita Budi yang sudah menetap di Selandia Baru sejak tahun 1996 ini. Bagi Budi, keterlibatan gamelan dalam film yang diadaptasi dari buku karya J. R. R. Tolkien ini adalah satu hal yang membanggakan. “Bagi saya bukan masalah kecilnya keterlibatan gamelan dalam ilustrasi musik ini, tapi gamelan menjadi satu pilihan yang terlibat dalam film yang luar biasa mendunia ini adalah suatu yang membanggakan,” kata pria yang juga memimpin kelompok gamelan Ngripto Raras khusus orang Indonesia di Selandia Baru ini. Para anggota kelompok Gamelan Padhang Moncar yang seluruhnya adalah warga lokal Selandia Baru dan warga Internasional juga ikut bangga akan keterlibatan mereka dalam penggarapan ilustrasi musik film the Hobbit kali ini. “Kita melihatnya (ini) adalah sesuatu yang luar biasa, karena berjuta-juta jenis musik (yang dipilih) kenapa harus gamelan? Dan kebetulan kenapa harus kita? Jadi luar biasa, kita senang sekali. Meskipun kecil ya, (tapi) bisa terlibat dalam ilustrasi film ini. Kalau dari berjuta-juta musik itu ditawarkan ‘mau nggak terlibat di ilustrasi musik Hobbit?’ pasti semua jawabnya mau. Tapi kita tidak minta. Kita diminta. Ini adalah sesuatu yang bagi saya luar biasa,” ujar pria yang hobi membuat bakso ini. Lulusan Sekolah Tinggi Seni Indonesia di Surakarta ini berharap dengan keterlibatan gamelan di film Hollywood, orang bisa lebih mengenal dan mencintai gamelan. “Harapan saya mudah-mudahan gamelan ini bisa dikenal orang, tidak hanya orang Indonesia,” katanya. “Mudah-mudahan dengan keterlibatan ini bisa memicu atau mendorong kita semuanya untuk mencintai gamelan, mengembangkan gamelan, yang pada akhirnya gamelan itu lestari. Tidak hilang,” lanjutnya menutup wawancara dengan VOA/Dhania Iman

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

67


IPTEK

Udara Amerika Serikat Akan Dipenuhi Drone Mulai 2014

foto: istimewa

Enam pihak di Amerika Serikat telah diberi izin untuk mengembangkan dan menguji drone, atau pesawat tanpa awak, setelah Federal Aviation Administration memberikan persetujuan di ntuk beberapa di negarauntuk dijadikan tempat pengujian guna memperoleh standar UAS (Unmanned Aircraft System) yang aman, berguna dan mudah untuk diterbangkan, demikianSlashGear, Rabu (1/1).

68

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014


foto: istimewa

Iptek

E

nam tempat ini adalah University of Alaska, negara bagian Nevada, Bandara Internasional Griffiss di New York, Department of Commerce di North Dakota, Texas A&M University, dan Virginia Tech. Di sini akan diamati bagaimana dronebisa beroperasi dalam beragam iklim, keadaan terbaik untuk bernavigasi, dan tingkat keamanan ketika drone terbang berdampingan dengan pesawat terbang lainnya, sejauh mana drone dapat dikembangkan, serta persyaratan bagiseseorang untuk dapat mengoperasikan drone ini dari markas. Keseluruhan pemeriksaan itu memang tidak dilakukan di satu tempat belaka, karena semua pihak telah memperoleh penetapan tentang faktor-faktor tertentu saja. Texas A&M University misalnya akan mengamati hal-hal yang harus dipenuhi UAS agar dikatakan layak terbang. Di lain tempat Virginia Tech akan menguji modus kegagalan dari drone agar bahaya yang timbul dari drone yang tidak berfungsi dengan baik. Pengujian ini mengartikan bahwa akan ada lebih banyak drone yang mengudara mulai 2014. FAA menyatakan bahwa privasi di ruang publik tetap menjadi hal yang harus diperhatikan, terlihat dari dipilihnya tempat pengujian khusus. Tujuanutamanya adalah agar ruang udara Amerika Serikat menjadi aman untuk drone pada tahun 2015. SLG/RIZ

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

69


IPTEK

foto: istimewa

Pesawat Tempur Inggris Terbang dengan Hasil Cetak 3D

Untuk pertama kalinya, pesawat tempur Angkatan Udara Inggris (RAF) Tornado terbang dengan suku cadang yang dibuat menggunakan teknologi cetak 3D, kata perusahaan pertahanan BAE Systems.

foto: istimewa

K

70

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

omponen logam hasil teknologi cetak tiga dimensi menjalani uji coba penerbangan di lapangan udara BAE Systems di Warton, Lancashire, akhir bulan lalu. Bagian-bagian yang dicetak termasuk pelindung radio kokpit dan penjaga pengendali lepas landas. Teknologi cetak 3D diharapkan dapat mengurangi biaya RAF hingga ÂŁ1,2 juta selama empat tahun kedepan. Teknisi BAE tengah memproduksi bagian-bagian untuk empat skuadron pesawat Tornado GR4 - sebagian di antaranya memerlukan biaya kurang dari ÂŁ100. Mike Murray, seorang eksekutif BAE Systems, mengatakan, "Anda tiba-tiba tidak terpaku pada di mana Anda harus membuat produk ini. Anda dapat membuat produk-produk di markas manapun yang Anda mau, asalkan ada mesin pencetak di sana, yang berarti Anda juga bisa mulai mendukung platform lain seperti kapal dan kapal induk." September lalu, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengumumkan rencananya meluncurkan mesin pencetak 3D ke ruang angkasa. Peluncuran yang direncanakan pada tahun 2014 tersebut dilakukan guna membantu astronot memproduksi suku cadang dan peralatan di gravitasi nol. ASN


Iptek

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

71


GALERI

Inilah Kisah Sang Prof Rudi di Sidang Korupsi, saya tidak korupsi dan mengatakn saya tidak miskin-miskin amat

foto: aendra/asatunews

72

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014


foto-foto: aendra/asatunews

GALERI

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014

73


74

ASAtunews | edisi 11/th. I/JANUARI 2014


Asatunewsmagz #11