Page 1

PROPOSAL JATIMANDIRI CHARITY

PROGRAM KERJA KARANG TARUNA JATIMANDIRI 2017-2020

“ share happiness”


PROPOSAL PENGAJUAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

PROPOSAL JATIMANDIRI CHARITY - KARANG TARUNA JATIMANDIRI

PAGE 2 //23


PROGRAM KERJA 2017-2020 BIDANG KESEJAHTERAAN SOSIAL

DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN

6

LANDASAN PEMIKIRAN NAMA PROGRAM TEMA PROGRAM MAKSUD DAN TUJUAN HASIL YANG INGIN DICAPAI WAKTU & TEMPAT PELAKSANAAN KELOMPOK SASARAN STRATEGI & IMPLEMENTASI SUSUNAN KEPANITIAAN TIMELINE PROGRAM BAB II BUDGET BREAKDOWN LAMPIRAN RAB PENAWARAN SPONSORSHIP BAB III TENTANG KARANG TARUNA JATIMANDIRI

PAGE 3 //23


Bandung, 25 Januari 2018 SURAT PENGANTAR PENGAJUAN BANTUAN CSR Nomor : ……………../V/2017

Dengan ini menerangkan bahwa Nama lengkap : Ardhyaska Amy Jenis kelamin : Laki-laki Agama : Islam Status : Kawin No KTP/ NIK : 327332807900002 Tempat / Tanggal lahir : Bandung, 28 Juli 1990 Pekerjaan : Pegawai Swasta Alamat : Jl. Jatihandap RT 02 RW 06 No 80. Kel. Jatihandap. Kec. Mandalajati, Kota Bandung Keperluan : Permohonan Bantuan CSR ke PT. Unilever Indonesia Tbk. Keterangan lain-lain : Orang tersebut benar-benar Ketua Karang Taruna Jatimandiri Kelurahan Jatihandap periode 2017-2020, berkelakuan baik dan belum pernah terkena tindak pidana apapun. Berlaku mulai tanggal : 20 Februari s/d 20 Juni 2018 Demikian Surat Keterangan ini dibuat untuk digunakan seperlunya.

Pemohon, Ketua Karang Taruna Jatimandiri

Lurah Jatihandap

Ardhyaska Amy, S.Ds.

Drs. Tata Prihramadiputra, M.Sc.


Bandung, 25 Januari 2018 Nomor Lampiran Perihal

: 168/09/KT JTMD/Prmhn/VI/2017 : 1 (satu) Proposal : Permohonan Sponsorship

Kepada Yth. Pimpinan PT. Unilever Indonesia Tbk. di Tempat Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh. Sehubungan dengan adanya keterkatian antara Humanitarian Aid Program yang dilaksanakan oleh Yayasan Unilever Indonesia dengan program kerja kami, maka kami atas nama Karang Taruna Jatimandiri Kelurahan Jatihandap Kecamatan Mandalajati Kota Bandung berkomitmen untuk mengajukan kerjasama CSR yang bertujuan ekspansi bantuan kebutuhan pokok kepada masyarakat Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Program yang bertajuk “Jatimandiri Charity” ini merupakan kegiatan rutin pendistribusian bahan pokok sembako dan personal care sebagai bentuk kepedulian Karang Taruna dalam mensupport kebutuhan hidup warga PMKS. Oleh karena itu, kami mengajak Perusahaan Bapak/Ibu untuk berpartisipasi sebagai sponsor/donatur program “Jatimandiri Charity” tersebut. Proposal Sponsorship kami lampirkan dalam surat ini. Penyaluran bantuan untuk sponsorship dapat di transfer melalui : No. Rekening : 1270101666 Atas Nama : Veni Nurlita No. HP : Nama Bank : atau ke alamat Sekretariat Karang Taruna Jatimandiri di Kantor Kelurahan Jatihandap. Jl. Jatihandap No. 151 RW 09 Kelurahan Jatihandap Kecamatan Mandalajati Kota Bandung 40193. Konfirmasi untuk berpartisipasi dapat menghubungi Veni (08561422558) atau e-mail: veni_nur@ gmail. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih. Wassalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh. Hormat Kami, Pengurus Karang Taruna Jatimandiri Kelurahan Jatihandap Kota Bandung

Tembusan : Lurah Jatihandap FPKT Mandalajati Camat Mandalajati

Ketua

Sekretaris

Ardhyaska Amy

Futri Siti Haryani


PROPOSAL PENGAJUAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

PROPOSAL JATIMANDIRI CHARITY - KARANG TARUNA JATIMANDIRI

PAGE 6 //23


PROGRAM KERJA 2017-2020 BIDANG KESEJAHTERAAN SOSIAL

BAB I

PENDAHULUAN 01. LANDASAN PEMIKIRAN. Pemuda sebagai Agent of Social Control (agen kontrol sosial) berarti bahwa ujung tombak kendali sosial itu ditandai dengan munculnya kepedulian pemuda terhadap polemik yang dihadapi oleh masyarakat. Banyak sekali polemik yang dihadapi oleh masyarakat seperti kurangnya pendidikan, menurunnya angka kesejahteraan hidup masyarakat, lingkungan yang sempit akan keilmuan, dan pergaulan yang kurang sehat sehingga membuat sebagian masyarakat menjadi pengangguran, dan tidak bisa mengembangkan diri untuk merubah hidup yang baik. Di sini lah peran awal pemuda guna memberikan sedikit sumbangsih, kontribusi kepada masyarakat yang kurang mendapat kesejahteraan hidup yang layak. Peran ini akan mudah diemban oleh para generasi muda jika mereka ditanamkan nilai-nilai kepedulian baik terhadap dirinya sendiri dan juga orang lain sehingga ke depannya, generasi muda layak sebagai agen perubahan suatu bangsa jika kematangan bersikap sudah didapat sedari usia muda. Eksistensi pemuda sebagai agen perubahan harus berperan penting dalam pembangunan bangsa ini, guna membuat perubahan yang lebih baik. Perubahan ini harus dimulai melalui masyarakat, dimana pemuda harus memberi pencerahan kepada masyarakat dalam era globalisasi ini. Pemuda bisa menjadi pilar dalam pembangunan menuju perubahan bangsa yang lebih maju. Dengan menjadi agen perubahan dalam masyarakat, perubahan menuju lebih baik dengan rasa kepedulian yang tumbuh dari diri pemuda. Kepekaan terhadap berbagai masalah sangat diperlukan pemuda. Dalam hal ini, kepedulian datang dari masalah-masalah yang timbul dan akan menyebabkan dampak negatif. Namun, permasalahan muncul ketika agenagen perubahan yang diharapkan sebagai ujung tombak sosial cenderung apatis dan menunjukkan sikap defensif terhadap kondisi sosial masyarakat. Terlebih, menumbuhkan kepedulian sosial bagi pemuda tidaklah mudah, karena pemuda memiliki sikap yang labil dan tak konsisten sebagai implikasi dari proses mencari jati diri. Dalam kasus seperti ini, pemuda harus bisa bersikap bijak dalam menghadapinya. Sikap menggebu-gebu pada diri harus direfleksikan dengan bentuk kreativitas dan kegiatan positif. Dalam hal ini pemuda harus mengajak teman untuk melakukan

PAGE 7 //23


PROPOSAL JATIMANDIRI CHARITY - KARANG TARUNA JATIMANDIRI

kegiatan-kegiatan positif dan mengisinya dengan penuh kreativitas. Di Karang Taruna Jatimandiri, kami berusaha mengarahkan visi program kerja untuk mendorong pemuda mengembangkan berbagai bakat, seperti menulis, diskusi, dan lainnya yang berkaitan erat dengan kreativitas. Berdasarkan pemaparan tersebut, kami selaku pengurus harian Karang Taruna Jatimandiri Kelurahan Jatihandap Kecamatan Mandalajati Kota Bandung berinisiatif mengekspansi salah satu program penanganan masalah kesejahteraan sosial bertajuk “JATIMANDIRI CHARITY”, yang berupa pendistribusian bantuan pangan dan kebutuhan hidup primer lainnya kepada warga penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) agar lebih terasa manfaatnya dan lebih luas jangkauannya. Program ini diharapkan tidak hanya mengajak generasi muda untuk ikut berpartisipasi langsung menangani masalah kesejahteraan sosial di masyarakat. Namun dengan kondisi saat ini, pelaksanaan program tersebut harus terhenti karena melambungnya harga kebutuhan pokok (sembako) yang pengadaannya belum bisa di-cover dari keuangan yang sumbernya dari swadaya pengurus organisasi.

02. NAMA PROGRAM.

PROPOSAL PENGAJUAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

Nama program ini adalah “JATIMANDIRI CHARITY”. Jatimandiri Charity adalah program pendistribusian bantuan sosial bagi warga penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) secara door to door, yang dikemas dengan konsep reality show berkala (2 minggu sekali). Program ini digarap oleh bidang Kesejahteraan Sosial dan bidang Karya dan Inovasi. Output dari program ini adalah konten-konten video yang digarap dengan sentuhan videografi cinematik, yang dipublish tiap minggunya di mediamedia sosial Karang Taruna Jatimandiri agar dilihat masyarakat. Tujuan rebranding program sedekah ini adalah selain pelaksanaan program kerja, mengajak viewers/warga untuk ikut berpartisipasi baik secara materil maupun moril dalam penanganan warga yang membutuhkan bantuan sosial, juga untuk mengekspos bahwa kegiatan Karang Taruna tidaklah kuno, tidaklah membosankan, tidaklah hanya sebatas panitia peringatan HUT RI saja, namun bisa juga melaksanakan program kerja berjenjang secara profesional, seru ala anak muda dan tetap memberikan manfaat bagi wilayahnya.

PAGE 8 //23


PROGRAM KERJA 2017-2020 BIDANG KESEJAHTERAAN SOSIAL

03. TEMA PROGRAM. Tema kegiatan kali ini adalah “Share Happiness”. Dengan menambatkan tagline tersebut, tujuan kami yakni ikut berbagi kebahagiaan di tengah permasalahan kesejahteraan yang dialami warga-warga penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di wilayah Kelurahan Jatihandap terlepas dari kualitas dan kuantiti bantuan yang didistribusikan.

04. MAKSUD DAN TUJUAN PROGRAM. Meningkatkan rasa kepedulian masyarakat khususnya generasi muda terhadap kondisi orang lain yang memiliki keterbatasan, kekurangan, dan keadaan hidup yang kurang memenuhi standar hidup layak. Dapat menambah wawasan tentang data warga penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) dan penanganan yang tepat terhadap permasalahan-permasalahan yang ada tersebut. Diharapkan dapat mengubah mindset audiens tentang charity, sedekah, donasi, dan jenis pemberian bantuan lainnya. Dengan konsep seru, story-telling video, berbagi pengalaman, diharapkan mampu menyentuh empati warga membuka mata warga bahwa dengan memberi, kita dapat lebih dari apa yang kita berikan. Melatih kreativitas anak muda untuk mengonsep program kerja menjadi sebuah tayangan semi-televisi yang harus bias mempengaruhi pola pikir warga masyarakat tentang pentingnya bersedekah.

‘Kita tidak bisa menjamin kesejahteraan kita, kecuali dengan menjamin kesejahteraan orang-orang lain juga.” — Bertrand Russell —

PAGE 9 //23


PROPOSAL JATIMANDIRI CHARITY - KARANG TARUNA JATIMANDIRI

05. HASIL YANG INGIN DICAPAI Optimalnya bantuan yang diberikan untuk menunjang aktivitas seharihari warga penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) Bantuan terdistribusikan secara tepat sasaran sesuai kebutuhan. Mendatangkan donator-donatur tetap yang siap memberi sponsor bantuan yang akan didistribusikan pada warga yang membutuhkan Program ini diadaptasi oleh Karang Taruna di wilayah lain sampai ke tingkat RW dan RT se-Kota Bandung.

05. WAKTU & TEMPAT PELAKSANAAN PROGRAM. RW 01 s/d. RW 17 Kelurahan Jatihandap Kecamatan Mandalajati Kota Bandung. Setiap Sabtu & Minggu, 4 kali / bulan. Bulan April 2018 s/d. Maret 2019. *untuk detail target & jam pelaksanaan didiskusikan maksimal H-2 sebelum pendis-

PROPOSAL PENGAJUAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

tribusian.

Pendistribusian Bantuan mengacu pada data warga Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) tahun 2017 yang dikumpulkan oleh para ketua RW dari 17 RW yang ada di Kelurahan Jatihandap

PAGE 10 //23


PROGRAM KERJA 2017-2020 BIDANG KESEJAHTERAAN SOSIAL

05. KELOMPOK SASARAN Target sasaran program ini yakni warga Kelurahan Jatihandap yang termasuk kategori Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Berdasarkan Peraturan Menteri Sosial RI No. 8 Tahun 2012, ada 26 jenis PMKS dengan batasan pengertian dan kriteria tertentu. Berikut data singkat warga PMKS di Kelurahan Jatihandap : No.

Jenis PMKS

1

Anak Balita Terlantar

9

2

Anak Terlantar

17

3

Anak yang Berhadapan dengan Hukum

1

4

Anak Jalanan

1

5

ADK

20

6

Anak Korban Tindak Kekerasan

0

7

Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus

5

8

Lansia Terlantar

12

9

Penyandang disabilitas

49

10

Tuna susila

2

11

Gelandangan

0

12

Pengemis

1

13

Pemulung

27

14

Kelompok Minoritas

2

15

BWBLP

5

16

ODHA

0

17

Korban Penyalahgunaan NAPZA

4

18

Korban Trafficking

0

19

Korban tindak kekerasan

0

20

Pekerja Migran Bermasalah Sosial

0

21

Korban Bencana Alam

5

22

Korban Bencana Sosial

0

23

PRSE

172

24

Fakir Miskin

645

25

Keluarga Bermasalah Sosial Psikologis

2

26

Komunitas adat terpencil

0

Total Warga PMKS

Jumlah

967

PAGE 11 //23


PROPOSAL JATIMANDIRI CHARITY - KARANG TARUNA JATIMANDIRI

05. STRATEGI IMPLEMENTASI PROGRAM Dari tahap perencanaan hingga eksekusi, kami menggunakan konsep “Stages of Human Centered Social-Design� supaya program ini dapat tepat sasaran dan berkesinambungan. Definisi dari konsep ini adalah merancang/mendesain perilaku masyarakat dengan mengekspos kondisi manusia tertentu pada manusia lain sebagai komparasi lalu disuguhkan dalam bentuk visual kepada khalayak ramai untuk mengundang empati dan mengubah pola pikir masyarakat.

01.

PRE CONTEMPLATION

Pendataan warga penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) 17 RW sebanyak 927 jiwa dan pembuatan database untuk menambah wawasan target sasaran dari kegiatan CSR ini.

02.

CONTEMPLATION

Bekerja sama dengan Lembaga-lembaga kemasyarakatan lain seperti Lurah, LPM, PKK, Linmas, dan Forum RW untuk merencanakan volume, konten charity, waktu dan tempat pelaksanaan Jatimandiri Charity yang disupport oleh CSR.

PREPARATION

Membuat skenario, dialog, narasi, dan set peralatan shooting untuk merekam pelaksanaan program. Skenario dan naskah dikonsep sedemikian rupa supaya menghasilkan footage yang dapat disusun untuk kemudian ditayangkan di media sosial dan mengajak lebih banyak viewers untuk terlibat di program ini. Keterlibatan yang diharapkan nantinya yakni para donatur, tim gebrus yang terjun langsung di lapangan, dan audience yang menyebarluaskan ajakan donasi di Jatimandiri Charity ini.

ACTION

Action yang dilakukan oleh para tim gebrus yang terdiri dari 7-10 orang pemuda pemudi, didampingi kepala pemerintahan setempat, menyalurkan paket sembako atau paket personal care senilai Rp 100.000,- / paket. Panitia pun membuat posko donasi dan hot line dengan tujuan agar target audience tidak hanya menikmati dan menonton program, tapi juga ikut bersedekah secara langsung.

03.

04.

MAINTENANCE

PROPOSAL PENGAJUAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

05.

PAGE 12 //23

Target audience yang berpartisipasi dalam acara ini diharapakan dapat mengubah pola pikir bahwa bersedekah dapat dijadikan suatu program yang seru dan memberi manfaat psikologis dan spiritual bagi donatur dan petugas distribusi. Panitia pun mengharapkan timbulnya rasa kepedulian terhadap warga sekitar yang membutuhkan bantuan sosial dari para pelaku yang terlibat dalam program charity ini dan dapat membagi pengalaman dan pelajaran ke orang lain. Perilaku ini diharapkan berjalan secara berkelanjutan dan memupuk kepedulian warga ke depannya. Target audience diharapkan setelah acara ini mengubah gaya hidup mereka dari sekali pakai di buang menjadi gaya hidup hijau sekali pakai untuk selamanya. Secara tidak langsung mereka telah membantu pemerintah untuk mengatasi krisis pengelolaan sampah dan menjaga serta mengurangi volume sampah.


PROGRAM KERJA 2017-2020 BIDANG KESEJAHTERAAN SOSIAL

06. SUSUNAN KEPANITIAAN.

ARDHYASKA AMY, S.Ds. MUHAMAD RIANDI

FUTRI SITI HARYANI

VENI NURLITA

KETUA KARANG TARUNA SEBAGAI PENANGGUNG JAWAB

WAKIL I BIDANG MANAJEMEN SDM SEBAGAI KOORDINATOR LAPANGAN

SEKRETARIS I BIDANG ADMINISTRASI

BENDAHARA II BIDANG ORGANISASI

HARIS RUSTANDI

ELGA ROMANSYAH

FAJAR PURNAMA

DEDI FIRMANSYAH

BIDANG KESEJATERAAN SOSIAL

BIDANG KESEJATERAAN SOSIAL

BIDANG KARYA & INOVASI

BIDANG KARYA & INOVASI

07. TIMELINE PROGRAM. APR

MEI

JUN

JUL

AGS

SEP

OKT

NOV

DES

JAN

FEB

MAR

SEMESTER 1 8 Paket / Bulan dari CSR + 2 Paket / Bulan dari PIPPK Total 50 Paket Target PMKS : 50 orang

SEMESTER 2 8 Paket / Bulan dari CSR + 2 Paket / Bulan dari PIPPK Total 50 Paket Target PMKS : 50 orang

PAGE 13 //23


PROPOSAL JATIMANDIRI CHARITY - KARANG TARUNA JATIMANDIRI

BAB II

BUDGET BREAKDOWN 01. LAMPIRAN RAB

PAKET SEMBAKO Jenis Sembako

No. 1 2

Beras Gulaku Tebu Premium

PAKET PERSONAL CARE

Quantity

Harga

2

kg Rp

24.000,00

1

kg Rp

13.900,00

No.

Jenis Sembako

1

Sunsilk Shampoo Co-Creations Black Shine

170

ml. Rp

15.200

2

Pepsodent Sensitive. Expert

100

gr. Rp

17.500

3

Molto Pelembut & Pewangi Pakaian All In 1 Blue

900

ml. Rp

28.000

4

Lifebuoy Sabun Cair Total Protect Botol

100

ml. Rp

9.000

5

Rinso Deterjen Powder Anti Noda

900

gr. Rp

17.000

6

Sunlight Pencuci Piring Jeruk Nipis

800

ml. Rp

12.700

7

Packaging Box

1

buah Rp

3.000,00

Minyak 3

Goreng Trop-

2

liter Rp

23.850,00

ical 4 5 6

Kecap bango Sariwangi The Celup Asli Royco Bumbu Kaldu Ayam

275 1

ml. Rp

18.000,00

pak Rp

5.000,00

100

gr. Rp

4.000,00

200

gr. Rp

6.900,00

Blue Band 7

Serbaguna

PROPOSAL PENGAJUAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

Sachet 8

Plastik Kresek 1

buah Rp

1.000,00

9

Packaging Box 1

buah Rp

3.000,00

TOTAL BIAYA 1 PAKET

Rp

99.650,00

TOTAL BIAYA 8 PAKET/BULAN

Rp 797.200,00

Rp

8.126.400,00 per tahun

PAGE 14 //23

Quantity

Harga

TOTAL BIAYA 1 PAKET

Rp 102.400,00

TOTAL BIAYA 8 PAKET/BULAN

Rp 819.200,00

Rp

9.830.400,00 per tahun


PROGRAM KERJA 2017-2020 BIDANG KESEJAHTERAAN SOSIAL

02. PENAWARAN SPONSORSHIP BRONZE

SILVER

GOLD

KOMPENSASI

KOMPENSASI

KOMPENSASI

Sponsor Program

Sponsor Program

Sponsor Program

Pemberian waktu khusus di ujung video (5-8 detik) untuk penyebutan nama perusahaan sebagai pihak sponsor utama.

Pemberian waktu khusus di ujung video (5-8 detik) untuk penyebutan nama perusahaan sebagai pihak sponsor utama.

Pemberian waktu khusus di ujung video (5-8 detik) untuk penyebutan nama perusahaan sebagai pihak sponsor utama.

Packaging

Packaging

Packaging

Penempatan logo perusahaan pada box kemasan bantuan donasi berupa stiker tambahan dengan ukuran lebih kecil.

Penempatan logo perusahaan pada box kemasan bantuan donasi.

Penempatan logo perusahaan pada box kemasan bantuan donasi.

Caption

Live Action

Caption

Iklan bagi pihak sponsor yang digunakan hanya berupa tulisan pada penjelasan postingan video di mediamedia publikasi sebagai bentuk property endorsement dari pihak sponsor.

Video melibatkan unsur gambar produk, suara, dan gerak secara bersamaan dengan konten utama video.

Iklan bagi pihak sponsor yang digunakan hanya berupa tulisan pada penjelasan postingan video di media-media publikasi sebagai bentuk property endorsement dari pihak sponsor.

Live Action Video melibatkan unsur gambar produk, suara, dan gerak secara bersamaan dengan konten utama video.

Caption Iklan bagi pihak sponsor berupa tulisan pada penjelasan postingan video di media-media publikasi sebagai bentuk property endorsement dari pihak sponsor. Backdrop Memperlihatkan pihak sponsor pada latar belakang acara khusus yang diadakan pada saat-saat tertentu. Bisa berupa baligo, spanduk, atau poster-poster.

Rp

2.700.000,-

Rp

untuk Paket Sembako

Rp

3.380.000,-

untuk Paket Personal Care

PARTNERSHIP Rp

1.000.000,-

5.450.000,-

Rp

untuk Paket Sembako

Rp

6.610.000,-

untuk Paket Personal Care

8.126.400,untuk Paket Sembako

Rp

9.830.000,-

untuk Paket Personal Care

Sponsor Program Pemberian waktu khusus di ujung video (5-8 detik) untuk penyebutan nama perusahaan sebagai pihak sponsor utama. PAGE 15 //23


PROPOSAL JATIMANDIRI CHARITY - KARANG TARUNA JATIMANDIRI

JATIMANDIRI

CHARITY PROPOSAL PENGAJUAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

SEASON 2

PAGE 16 //23


PROGRAM KERJA 2017-2020 BIDANG KESEJAHTERAAN SOSIAL

“SHARE YOUR HAPPINESS”

PAGE 17 //23


PROPOSAL JATIMANDIRI CHARITY - KARANG TARUNA JATIMANDIRI

BAB III

TENTANG KARANG TARUNA JATIMANDIRI Berdasarkan Pasal 1 angka 14 Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 5 Tahun 2007 tentang Pedoman Penataan Lembaga Kemasyarakatan (“Permendagri 5/2007”), Karang Taruna adalah Lembaga Kemasyarakatan yang merupakan wadah pengembangan generasi muda yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/ kelurahan atau komunitas adat sederajat dan terutama bergerak di bidang usaha kesejahteraan sosial. Karang Taruna Jatimandiri sendiri merupakan organisasi sosial kepemudaan yang berfungsi sebagai garda terdepan penanganan masalah kesejahteraan sosial di wilayah Kelurahan Jatihandap Kecamatan Mandalajati Kota Bandung.

VISI & MISI

PROPOSAL PENGAJUAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

Dengan menerapkan spirit Creative-movement merupakan spirit mengedepankan kreativitas dan inovasi unggulan dalam segala aspek kinerjanya, Karang Taruna Jatimandiri optimis mampu melahirkan kader-kader pemuda yang tangguh, kreatif, semangat berkarya dan bangga untuk Act Locally, Think Globally, bangga dengan jatidirnya sebagai warga Kelurahan Jatihandap, Kecamatan Mandalajati, Kota Bandung, terlebih sebagai bangsa Indonesia. Spirit tersebut didampingi dengan spirit Rabbaniyah, yakni meluruskan niat pengabdian di Karang Taruna semata-mata hanya untuk beribadah Lillahita’ala. Output yang dihasilkan adalah kaderkader yang memiliki karakter jujur dan amanah, komitmen dalam ucapan dan tindakan, berakhlak mulia, rendah hati, adil, pemberani, sabar. serta baik dalam tutur kata. PAGE 18 //23

Character Building

Laboratorium Akhlak

Menjadikan Karang Taruna sebagai wadah pengembangan diri generasi muda. (Q.S. Al Baqarah : 30)

Menjadikan Karta sebagai wadah pendewasaan nilai-nilai akhlak berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah. (Q.S. An Nisaa : 59)

Creative Studio

Ulinkeun

Mengasah potensi sesuai minat & bakat kader-kader Karang Taruna Jatimandiri (Q.S. Yusuf : 55)

Banyak main, banyak manfaat, banyak kenalan, sedikit dosa. (Q.S. Al Hujurat : 13)


PROGRAM KERJA 2017-2020 BIDANG KESEJAHTERAAN SOSIAL

PROGRAM KERJA

“Karang Taruna Jatimandriri! Banyak Main, Banyak Manfaat, Sedikit Dosa.� Misi yang dibawa ini diadaptasi dari program berbagai komunitas anak muda, organisasi kepemudaan lainnya yang berada di Kota Bandung agar dalam pelaksanaannya dapat selaras dan saling berkolaborasi satu sama lain sehingga dapat memberi impact yang jauh lebih besar untuk masyarakat. Output dari adaptasi tersebut yakni perumusan progam kerja-program kerja yang sesuai dengan kebutuhan anak muda di Kelurahan Jatihandap. Perumusan program dan kegiatan Karta Jatimandiri tahun 2018 ditetapkan berdasarkan tema dan fokus-fokus program yang mengarah kepada peningkatan mutu aktivitas sosial, pengentasan masalah kesejahteraan sosial, pembinaan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di wilayah Kelurahan Jatihandap, optimalisasi teknologi IT dalam media kreativitas anak muda, serta pengabdian yang berdaya saing melalui penguatan tata kelola Karang Taruna Jatimandiri. Pasal 17 Permendagri 5/2007 memberikan dorongan dan keleluasaan untuk pengembangan kreativitas remaja.

Back to Masjid

Rumah Singgah

Menjadikan masjid sebagai pusat pergerakan dan peradaban. (Q.S. At-Taubah : 18)

Menciptakan suasana organisasi seperti rumah yang nyaman, santai dan tempat saling berbagi cerita. (Q.S. At Taubah : 71)

Tertib Administrasi

Akademi Jatimandiri

Mengorganisir berkas-berkas administrasi keperluan organisasi. (H.R. Tirmidzi 2723)

Karang Taruna sebagai sarana belajar mengajar antar pengurus dan warga karang taruna. (H.R. Tirmidzi)

Diharapkan, dengan penyusunan program kerja yang terorganisir ini mampu memberikan keleluasaan dan memunculkan semangat kemandirian khususnya dalam pengelolaan anggaran program dan organisasi. Namun demikian, keleluasaan dan otonomi dalam pengelolaan keuangan tetap mengedepankan transparansi dan akuntabilitas yang mengarah pada penguatan kelembagaan (Good Governance).

PAGE 19 //23


PROPOSAL JATIMANDIRI CHARITY - KARANG TARUNA JATIMANDIRI

IDENTIFIKASI MASALAH KEPEMUDAAN Penyusunan Visi, Misi, dan Program kerja tahunan ini tentu dilandaskan pada permasalahan yang ada yang kemudian akan ditindaklanjuti melalui kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan ke depannya agar program dapat tepat sasaran dan menjadi solusi permasalahan yang ada. Beberapa permasalahan yang ada saat ini dapat dijabarkan sebagai berikut.

Saat ini sumber dana utama kegiatan Karang Taruna Jatimandiri adalah dari Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan dan Dana Kelurahan. Diharapkan, sumber-sumber pendanaan lain berupa bantuan dari Dinas Sosial, Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Bantuan Hibah Dalam Negeri, dan lainnya dapat digali melalui kerjasama, research, edupreneur, creatve-preneur, pemanfaatan aset dan fasilitas, bisnis universitas, dan lain-lain, serta pengembangan sumber-sumber pendapatan lain dari mitra universitas melalui dana Coorporate Social Responsibility (CSR). Dalam pelaksanaannya, Karang Taruna Jatimandiri memiliki AD/ART yang mengacu pada Pedoman Dasar organisasi Karang Taruna pada umumnya yakni : Peraturan Menteri Sosial No. 77/HUK/2010 Tentang Pedoman Dasar Karang Taruna. PROPOSAL PENGAJUAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 5 Tahun 2007 tentang Pedoman Penataan Lembaga Kemasyarakatan. Peraturan Menteri Sosial 77/2010 tentang Tanggung Jawab dan Wewenang Kementrian Sosial, Gubernur, dan Bupati/ Walikota dalam penyelenggaraan program karang taruna. PAGE 20 //23


PROGRAM KERJA 2017-2020 BIDANG KESEJAHTERAAN SOSIAL

STRUKTUR ORGANISASI

Ardhyaska Amy, S.Ds. Muhamad Riandi

Ryan Septian

Futri Siti Haryani

Asep Gun Gun

Ketua Karang Taruna Jatimandiri 08562267734 ardhyaska@gmail.com @ardhyaska

Wakil Ketua I Bidang Internal 085793244036 muhamadriandi6@gmail.com @muhamadriandi6

Wakil Ketua II Bidang Internal 085863992798 ryanseptian22@gmail.com @ryanseptian22

Sekretaris I Bidang Administrasi 087825455158 futristharyani@gmail.com @futri_sh

Bendahara I Bidang PIPPK 083820217008 chevygun87@gmail.com @chevygun87

Shinta Nur Aviyah

Veni Nurlita

Haris Rustandi

Chandra Aditya N.

Fajar Purnama

Sekretaris I Bidang Administrasi 089632388256 shintanuraviyah@gmail.com @shintatatata

Bendahara II Bidang Administrasi 085782825545 veni_nur@gmail.com @veni_nur

Bidang Kesejahteraan Sosial 085855222361 harisrst@gmail.com @harisrst

Bidang Hubungan Masyarakat 089666529728 chandraditya1@gmail.com @chandraan__

Bidang Karya dan Inovasi 085315432677 akafajar@gmail.com @fajrp

M. . Nur Ramdan Obeng Desty Sulestyani

M. Ridwan Nur Arif

Yashica Indri R.

Elga Romansyah

Bidang Usaha Ekonomi Produktif Bidang Budaya & Pariwisata 089636181385 083822514280 obengramdan7880@gmail.com desty_sulestyani@gmail.com @obengramdan7880 @desty_sulestyani

Bidang Minat dan Bakat 0895326399302 ridwannurariff@gmail.com @rdwnnurarif

Bidang Pemberdayaan Perempuan 089681522137 yashicaaaaa @gmail.com @yashicaaaaa

Bidang Kesejahteraan Sosial 085720351821 elgaromansyah@gmail.com @elgaromansyah

Trini Monica Puspita

Dedi Firmansyah

Arif Nugraha

Bidang Karya dan Inovasi 0895331099276 radhian94@gmail.com @radhian94

Silvia Pratiwi .

Nada Nabilah

Bidang Hubungan Masyarakat 085956402848 trinintin@gmail.com @trinintin

Bidang Budaya & Pariwisata 089663834060 nadaanabilah@gmail.com @nadaanabilah

Bidang Minat dan Bakat 083193953712 arifnugraha_22@gmail.com @arifnugraha_22

Erika Nurhasyanah

Widya Nur H.

Bidang Budaya & Pariwisata 089622151288 kkaerikaa@gmail.com @kkaerikaa

Bidang Pemberdayaan Perempuan 085861281954 widyanurh_@gmail.com @widyanurh_

Bidang Usaha Ekonomi Produktif 089656952212 -

PAGE 21 //23


PROPOSAL JATIMANDIRI CHARITY - KARANG TARUNA JATIMANDIRI

BAB IV PENUTUP

Demikian Proposal Kegiatan Jatimandiri Charity ini kami buat dengan sebagaimana adanya. Besar harapan kami agar kegiatan ini terlaksana dengan baik dan memberi manfaat besar bagi masyarakat. Oleh karena itu, kami mohon bantuan dan dukungan dari semua pihak agar kegiatan ini dapat terlaksana. Tidak lupa kami ucapkan terima kasih yang sebesarbesarnya kepada semua pihak yang telah membantu sampai tahap ini. Terima kasih dukungan, persetujuan, dan partisipasinya sejak persiapan hingga terlaksananya kegiatan ini. Semoga kegiatan ini terlaksana dengan sebaikbaiknya dan dapat menjadikan semua pihak mengerti dan menyadari manfaat kegiatan ini. Akhir kata, kami mohon maaf jika ada kesalahan kata, penulisan nama, gelar, tempat, dan waktu. Kami menerima kritik dan saran dari proposal yang jauh dari sempurna ini sebagai bahan evaluasi untuk kegiatan kami berikutnya.

PROPOSAL PENGAJUAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

PAGE 22 //23


PROGRAM KERJA 2017-2020 BIDANG KESEJAHTERAAN SOSIAL

“Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri,…” - (Q.S: al-Isra’: 7) -

PAGE 23 //23


RAPATKAN BARISAN BERSIHKAN HATI LURUSKAN NIAT

2018

Proposal Jatimandiri Charity  
Proposal Jatimandiri Charity  
Advertisement