Issuu on Google+

DEFENDER NEWS : TEKNOLOGI NUKLIR DAPAT DIAKSES PARA TERORIS

KARTIKA

YUDHA 2006

JAGDKOMMANDO AUSTRIAN SPECIAL TASK FORCE

ARMY PROFILE

TECHNOLOGY

TACTIC

YONIF LINUD 330 KOSTRAD

C-17 GLOBE MASTER III

COVERT

OPERATION

Januari 2007 < DEFENDER < 1

TAHUN 2 EDISI 1

JANUARI 2007

P.Jawa Rp.15.000,-

Luar P.Jawa Rp.16.000


2 < DEFENDER < Januari 2007


November Januari 2006 2007 < DEFENDER < 3


Cover Story - Hal 44 Presiden RI dan Panglima TNI sedang menyaksikan jalannya latihan puncak TNI AD, Kartika Yudha 2006 Foto : DEFENDER

4 < DEFENDER < Januari 2007


Hal 15

JANUARI 2007

Hal 29

Hal 37

F E A T U R E S SPECIAL FORCES- JAGDKOMMANDO Jagdkommando merupakan salah satu satuan utama dari pasukan bersenjata Austria. Kemampuan dari pasukan ini tidak hanya menangani masalah-masalah pengamanan biasa namun lebih dari itu dapat melakukan tindakan-tindakan diluar dari kemampuan dasar pasukan bersenjata yang telah ada.

ARMY PROFILE - YONIF LINUD 330 TRI DHARMA KOSTRAD Yonif 323/Raider Divisi 1 Kostrad didirikan pada 15 November 1950 dengan nama Batalyon 323/Buaya Putih, dengan komandan batalyon pertama Kapten Inf Aj Witomo S.

THE LEGEND - PUSSIMPUR Untuk memenuhi kebutuhan orga-nisasi dalam bidang latihan simulasi tempur, maka Kepala Staf TNI Angkatan Darat mengeluarkan Skep Kasad No. Skep/10/I/1997, 20 juli 1997 tentang organisasi dan tugas Pusat Simulasi Tempur (Pussimpur) TNI AD.

PROMINENT - Jenderal George S. Patton Junior Patton merupakan prajurit sejati, kejam dan garang. Ia dijuluki â&#x20AC;&#x153;old blood and gutsâ&#x20AC;?, karena menurutnya untuk memenangkan sebuah peperangan dibutuhkan darah dan otak.

STRATEGY - Harmony, Disharmony in War Ketika suatu senjata tidak efisien secara teknis, tidak cukup secara taktis, sedikit nilai operasionalnya dan tidak efektif pada tingkat strategi medan perang maka prediksi tentang apa yang akan terjadi .

TACTIC-Covert Operation Operasi rahasia yang dilakukan dalam situasi operasi terbuka melawan sebuah target akan membahayakan keberhasilan operasi tersebut. Dalam hal musuh, kemungkinan ada isu-isu berkaitan dengan kekuatan militer.

TECHNOLOGY - C-17 GLOBEMASTERS III Salah satu ranpur Tank yang ikut dalam Latihan Puncak Kartika Yudha Hal. 44

OTHERS 6 24 52 53 55 60 FOTO : www.foto-foto.com

In And Out Combat-X Review Astrology Defender News Military Jokes

Boeing C-17 Globe Master III (sebelumnya McDonnel Douglas) merupakan pengangkut strategis yang diproduksi oleh Sistem Pertahanan Terintegrasi Boeing, dan pesawat pengangkut ini dijalankan oleh beberapa Angkatan Udara antara lain Angkatan Udara Amerika Serikat, Angkatan Udara Kerajaan Inggris dan Angkatan Udara Kerajaan Australia.

MILITARY EVENTS - Latihan Puncak TNI AD KARTIKA YUDHA 2006 Wilayah RI di Cibenda, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat diduduki musuh. TNI pun tidak tinggal diam. Operasi militer untuk mengambil alih wilayah dan menyelamatkan sandera pun segera dilakukan. Perang di daerah perbukitan itu pun akhirnya pecah.

ARMY STYLE - BIKERS BROTHERHOOD Nama Bikers Brotherhhood yang dipakai sampai sekarang pada awalnya dicetuskan oleh Brother Bebeng (Beny), pada 13 Juni 1988, di kediaman Brother Erwin, Jl. Diponegoro no. 2 Bandung. Tempat mereka berkumpul pertama yaitu di Jalan Tubagus Ismail.

8 18 24 30 34 36 38 44 50

Januari 2007 < DEFENDER < 5


INANDOUT

Salam Redaksi

Penerbit PT Strata Pesan Cakti Pimpinan Wibawanto Nugroho M.A Pemimpin Redaksi James W. Sondakh Wakil Pemimpin Redaksi Drs. N. Ertoto Redaktur Pelaksana Setio Hutomo Staf Redaksi Zulkarnaen, Sutarno Hr. Pujiastuti Redaktur Foto Wanto Creative Design Hariyandi Rizal S.Kom Manajer Usaha Aryo Priyo Hutomo SE. Iklan & Promosi Prasetyo Sirkulasi & Distribusi Yayan Alamat Redaksi Jl. Pantai Indah Selatan I Blok GA No.6-7 Pantai Indah Kapuk Jakarta Utara Tlp. (021) 588 3079, 7066 3554 Fax. (021) 5596 4437 e-Mail.defender_magz@yahoo.co.id URL. www.defender-online.com Percetakan Strata Komunikasi Isi diluar tanggung jawab percetakan Redaksi menerima sumbangan naskah ceritera mengenai seputar kemiliteran. Naskah diketik dua spasi maximum empat halaman disertai foto/gambar dan saran

Untuk surat pembaca dapat mengirimkanya melalui alamat email kami atau dapat di fax pada nomor yang tertera diatas

ISSN 1907-0934

6 < DEFENDER < Januari 2007

S

elamat Tahun Baru 2007. Semoga di tahun yang baru ini kesuksesan dapat kita capai bersama dan situasi kondisi di segala bidang kehidupan bertambah lebih baik dibandingkan di tahun 2006 yang baru saja kita lewati. Pada edisi Januari kali ini Defender menampilkan informasi berita dan foto yang menarik termasuk rekaman peristiwa latihan tempur Hari Juang Kartika yang merupakan hari jadi TNI AD. Dalam acara akbar tersebut Presiden RI Susilo Bambang Yudhono berkenan secara langsung hadir di lokasi memberikan dukungan penuh terhadap prajurit TNI AD untuk terus menerus mengasah kemampuannya untuk menjadi tentara yang profesional dan terlatih. Di media massa umum lainnya , peristiwa ini memang tidak begitu terekpose cukup besar, namun dalam Defender peristiwa itu cukup lengkap terekam foto dan berita nya dan mendapat porsi yang cukup besar. Untuk edisi ini kami juga menyajikan profil special forces dari Austria. Sebagai negara yang relatif mapan dan aman, tanpa gejolak negeri ini tetap memiliki pasukan khusus yang handal terhadap segala ancaman. Sementara itu, dalam rubrik Army Profile, ditampilkan Yonif 330 Linud/Kostrad yang bermarkas di Cicalengka Jawa Barat. Dari batalyon ini cukup banyak yang terungkap dari pengalaman satuan ini. Seperti diketahui bahwa pengalaman Yonif 330 ini di Aceh pada saat konflik cukup membanggakan NKRI.. Pada rubrik Legend ditampilkan Pusat Simulasi Tempur TNI AD yang berpusat di Bandung. Dari informasi ini, diharapkan pembaca mengetahui bahwa prajurit TNI AD terus menerus mengasah diri dan mengikuti perkembangan teknologi tempur yang mutakhir yang bisa diaktualkan dalam Pussimpur ini. Khusus untuk rubrik Combat X ditampilkan Praka Mukson dari Yonif 330 Linud/Kostrad yang memiliki pengalaman tempur di Aceh dan berhasil menghajar tiga anggota GAM sekaligus di waktu dan tempat yang sama. Dalam rubrik Army Style secara unik ditampilkan para penggemar motor tua dalam kelompok Brotherhood yang merupakan kendaraan motor bekas perang di jaman dulu. Penggemarnya cukup banyak dan yang menakjubkan ada motor-motor tua bekas perang yang masih terawat di tangan mereka. Dengan ketekunan dan ketelitian serta kesabaran mereka berhasil merekondisi kendaraan yang onderdilnya sudah langka. Khusus untuk rubrik yang relatif baru yaitu Defender News, kami menampilkan rekaman berita aktivitas militer dalam dan luar negeri. Dari informasi yang ditampilkan diharapkan pembaca dapat memiliki informasi terbaru tentang dunia militer khususnya. Demikianlah sajian edisi Januari 2007. Semoga sidang pembaca dapat menikmatinya dari lembar pertama sampai lembar yang terakhir.< Selamat Tahun Baru 2007.


NEW LOOK IN

NEW YEAR

Ya!!! di tahun baru ini kami hadir kembali dengan tampilan yang berbeda. Tampilan baru ini terlihat lebih fresh dan lebih menarik dibandingkan dengan tampilan sebelumnya, tentunya hal ini kami lakukan semata-mata untuk kepuasan para pembaca kami yang setia. Diharapkan dengan tampilan baru ini, kedepannya Majalah Defender tetap selalu memberikan segala informasi terkini mengenai Teknologi, Taktik dan Pengetahuan Militer. Dan, besar harapan kami akan masukan, baik saran dan kritikan anda demi majunya majalah yang kita cintai ini. Segala masukan dan kritikanya menyangkut isi serta layout majalah dapat dikirimkan melalui alamat email kami di defender_magz@yahoo.co.id atau dapat juga melalui nomor fax di (021) 55964437 disertai dengan nama, alamat e-mail atau alamat lengkap.

PECINTA MILITER Saya pecinta seluruh pernak-pernik dan apapun yang berbau militer, specially Indonesian Army. Apalagi dengan adanya Majalah Defender, semua keingintahuan saya menjadi tersalurkan. Mungkin ada sedikit masukan, beritanya lebih dipertebal saja, bahasan mengenai tentara Indonesia lebih dipertajam lagi. Tetap jaya TNI, Hidup Defender.. akurevy@yahoo.com Wah... kebetulan sekali ya, Majalah Defender jadi ikut berpartisipasi nih dalam mendukung kecintaan kamu terhadap dunia kemiliteran. Tetap baca Majalah Defender ya siapa tahu informasi yang kamu butuhkan mengenai dunia militer ada disitu. Dan tak kalah pentingya ada posternya yang keren-keren lho...

SELAMAT DATANG Widya Castrena Darma Siddha !!! Salam perkenalan, pertama saya lihat, Defender masih berupa suplemen saja, kemudian ketika suatu saat saya pulang dari Bandung naik kereta, di salah satu kios di Gambir memajang sebuah majalah bercover merah dengan profil Gultor. Majalah ini terlihat banyak perubahan di sana sini sejak kemunculannya di edisi pertama, hanya saya sayangkan

adalah, masih adanya foto2 yang beresolusi kecil dipaksakan untuk diperbesar yang hasilnya menjadi pecah, semoga ini bisa menjadi catatan di edisi berikutnya. Kekurangannya lagi ketika pada edisi latihan gabungan TNI dengan Singapura, fotonya lebih cenderung TNI semua padahal saya yakin para pembaca juga ingin tahu profil pasukan Singapura berserta perlengkapan standarnya, agar bisa dibandingkan dengan profil pasukan TNI dalam latihan bersama tersebut, karena lebih ada nilainya meskipun hanya berupa foto foto ketika mereka saling berdampingan melakukan operasi/patroli... Tapi sekali lagi Selamat datang U/DEFENDER mala@yahoo.com Terima kasih Mala atas masukannya, dan karena masukan-masukan seperti inilah membuat majalah defender semakin baik dan baik lagi dikemudian harinya. Memang ada beberapa gambar pada edisi sebelumnya masih menggunakan gambar dengan resolusi yang rendah, namun terus akan kami perbaiki dengan menggunakan source yang lebih baik lagi. Oh iya salam kenal juga untuk Mala

BRAVO!!!! Bravo Devender... bro..Salam bwt pencinta DEFENDER INDONESIAN ARMY Community di seluruh

sistem FS ini.Wah mas vender sy adalah salah satu penggemar mu,ga ada satu pun edisi majalahmu yang kelewat.Jujur saja saking ARMY-Cholicnya dgn army..koleksi majalah kemiliteran lainya sudah banyak sy koleksi. Mjlh defender makin hari makin bagus apalagi dgn ulasan yg terbaru dari TNI maupun teknologi yg diulas.Semoga Defender makin berjaya, menyongsong masa depan militer yang lebih mantap fahmie@yahoo.com Bravo juga buat Fahmie, dan jujur juga Majalah Defender juga banyak melakukan perbaikan disana-sini sehingga dapat menjadi MAJALAH FAVORIT di bidang kemiliteran juga. Dan sudah menjadi komitmen kami untuk selalu memberikan informasi-informasi yang terbaru dan terkini.

HARGA KHUSUS Apakah majalah ini hanya menyoroti militer di indonesia saja? tidak ada dari mancanegara? harga majalahnya berapa sih? ada tidak harga khusus mahasiswa? terima kasih...... fikri@yahoo.com Terima kasih kembali fikri. Tentunya Majalah defender ini menyoroti informasi kemiliteran, baik dari Taktik, Strategi, Teknologi dan Gaya hidupnya, namun tidak hanya dalam negri saja, informasi dari luar negeri pun banyak yang kami masukan dalam majalah ini. Untuk harga Majalah Defender pastinya sangat terjangkau apalagi buat Mahasiswa seperti Fikri, hanya dengan Rp. 15.000 saja Fikri sudah mendapatkan majalah kemiliteran yang menarik ini bukan...

YONIF 400 Raiders Aku baru baca majalah DEFENDER sekali, hmmmm.lumayan bagus. full color dwonk. Ok deh,,smoga sukses selalu. eh, muat profil Yonif 400 Raider (dulunya Yonif 401 Banteng Raiders a.k.a. BR ) donk yang ada di semarang. banyak temen2x aku disitu. heheheheh... see U yudho@yahoo.com Majalah Defender memang kami sajikan secara full color lho.. dan mengenai Yonif 400 Raider sudah pernah kami ulas di edisi Februari 2006, kalau Yudho belum memilikinya dapat memesan melalui formulir pemesanan yang adapada majalah ini. Januari 2007 < DEFENDER < 7


8 < DEFENDER < Januari Desember 2007 2006


JAGDKOMMANDO AUSTRIAN

SPECIAL T ASK FORC E

Januari 2007 < DEFENDER < 9


10 < DEFENDER < Januari 2007


NUNQUAM RETRO ! Jangan Pernah Kembali ! merupakan semboyan dari pasukan khusus ini diambil dari kisah ekspedisi Angkatan Perang Kerajaan Austria pada Perang Dunia Pertama di seputaran Antartika Kutub Utara. Ekspedisi ini bukan saja menemukan daratan yang dikenal Franz Josef tapi juga berhasil meruntuhkan kekuatan lawan perang pada saat itu. Kekuatan Pasukan Austria yang sangat hebat itu selalu ditekankan untuk terus berjuang dalam kondisi cuaca buruk dan dingin di kutub utara tersebut dan tidak akan pernah kembali ke dalam kapal perang hingga tugas perjuangan selesai ditorehkan.

S

emboyan ini lah yang terus ditanamkan kepada setuap personil pasukan khusus ini dalam rangka menghadapi segala cobaan dan tugas-tugas yang harus diselesaikan dikemudian harinya. Jagdkommando merupakan salah satu satuan utama dari pasukan bersenjata Austria. Kemampuan dari pasukan ini tidak hanya menangani masalah-masalah pengamanan biasa namun lebih dari itu dapat melakukan tindakan-tindakan diluar dari kemampuan dasar pasukan bersenjata yang telah ada. Yang paling penting dari kemampuan pasukan ini adalah kemampuan dasarnya diatas rata-rata dari pasukan biasa, dan pasukan ini memang disiapkan dalam menghadapi kendala keamanan yang lebih kompleks dalam peperangan modern. Sebagian kecil kemampuan dari pasukan ini diekspose ke khalayak ramai dan beberapa bagian besar lainnya masih ditutup-tutupi. Operasinya bahkan menjadi misteri bagi angkatan bersenjata lainya. Pasukan ini mempunyai tugas-tugas yang biasanya dapat dilakukan oleh pasukan konvensional, namun

ada beberapa tugas khusus yang diberikan oleh pusat komando yang biasa dan hanya boleh dilakukan pasukan ini hal ini menyangkut kerahasiaan dan kelancaran dari tugas yang diberikan. Tugas-tugas khusus yang biasanya sering dilakukan pasukan ini antara lain; menghadapi pertempuran pada area yang sulit juga disegala kondisi yang ada bahkan pada cuaca buruk sekalipun. Melakukan pe-rang gerilya, penghancuran infrastruktur, penggunaan senjata berat dan tugas anti teror seperti; pembebasan sandera dan penangkapan penjahat perang, perlawanan terhadap pasukan gerilya, evakuasi penduduk dari ancaman teror, juga tugas-tugas pengawalan VIP dan membantu angkatan perang dalam menjalankan misi menjaga keamanan internasional. Bagian dari tugas yang diemban dari pasukan ini juga dapat membantu dalam supervisi pengamanan masyarakat, melalui intitusi kepolisian, pasukan ini selalu memberikan masukan dan pengarahan terhadap apa-apa yang dibutuhkan dalam tugas penjagaan keamanan masyarakat. Pasukan ini juga memiliki keahlian dalam terjun bebas dan pemanjatan sehingga dalam melakukan tugasnya, medan yang sulit bukanlah masalah baginya.<

Januari 2007 < DEFENDER <11


Untuk menjadi pasukan khusus ini awalnya harus membuat pernyataan bahwa keikutsertaan tiap personel dilakukan secara sadar dan sukarela. Hal ini mengingat pelatihan yang akan dihadapi sangat berat dan beresiko tinggi. Para personel haruslah berasal dari bagian angkatan perang yang telah menerima latihan dasar dan disarankan personel tersebut merupakan prajurit baru dalam Angkatan Bersenjata. 12 < DEFENDER < Januari 2007

P

ara personel yang mendaftar harus memiliki kondisi fisik dan psikis yang baik, tidak terganggu pikirannya dan dapat bertahan terhadap tekanan psikis yang akan dihadapi dalam menjalankan tugasnya. Ia juga harus melewati prosedur-prosedur yang ketat, seperti ujian ilmu kemiliteran, pengetahuan dan intelegensia. Personel-personel yang memenuhi kualitas standard tinggilah, kemudian dimasukkan pada pusat pelatihan komando. Pelatihan komando yang biasanya dijalankan di setiap awal tahun antara Pebruari atau Maret. Pelatihan ini diberikan selama rentang waktu 6 bulan pada pelatihan kemiliteran dasar dan selama 5 bulan berikutnya

mendapatkan pelatihan khusus. Semua pelatihan ini dilakukan selama kurang lebih 11 bulan dan diharapkan pada bulan terakhir seluruh personel dapat dengan sukses me nyelesaikan pelatihannya.Hingga saat ini belum pernah tercatat adanya kecelakaan yang dialami oleh personel yang mendaftarkan diri ke dalam pasukan khusus ini Akhirnya, para personel pendaftar yang mengikuti pelatihan ini akan dibagi menjadi 5 kelompok pelatihan, antara lain:

TRAINING GROUP 1 Tahap ini merupakan dasar dari seluruh pelatihan Jagdkommando. Disini akan diberikan instruksi ke seluruh personel pela-


tihan yang mencakup keahlian dalam pengintaian dan pengambil-an keputusan dari jarak jauh, pengetahuan medis dan pengetahuan dalam melakukan komunikasi dalam pasukan. Sebagai tambahan juga diajarkan pelatihan komando yang lebih terarah dan sistematis. Seluruh pelatihan ini tentunya berlangsung di dalam keikutsertaan pada pengembangan basis yang mendasar, juga dengan melakukan pertukaran dengan pasukan khusus dari negara lain. Pada kelompok pelatihan ini akan menghasilkan personel-personel yang mampu melakukan segala bentuk kegiatan komunikasi dalam pasukan.

TRAINING GROUP 2 Pada kelompok pelatihan ini akan diberikan pelatihan paraglider, air supply dan pelatihan terjun payun pada tingkatan yang lebih lanjut. Pelatihan ini terdiri dari penerjunan HALO dan terjun tandem. Biasanya pelatihan ini dilakukan selama satu jam pada setiap kondisi cuacanya. Yang lebih membedakan pasukan ini dengan pasukan biasa lainnya adalah kemampuanya terjun dari pegunungan yang tinggi. Pelatihan parasut yang diberikan personil Jagdko ini memperlihatkan fakta dimana tingkat kecelakaan dapat diminimalkan dibandingkan dengan ahli penerjunan mana pun di dunia. Bahkan beberapa ribu lompatan telah dilakukan oleh setiap personelnya.

TRAINING GROUP 3 Dalan kelompok pelatihan ini diberikan dasar-dasar amfibi, dimana tiap personel mampu melakukan pertempuran pada daerah-daerah perairan dan rawa-

rawa. Secara phisik tiap personel dituntut dapat melakukan pertempuran di darat, laut dan dalam kondisi daerah yang ekstrim sekali pun seperti perairan dalam maupun di bawah bongkahan es. Biasanya pelatihan ini diberikan untuk menghadapi peperangan pada musim dingin ataupun di daerah pegunungan dan perairan es. Tentu saja pelatihan amfibi lainya juga diberikan seperti penggunaan kendaraan amfibi, perahu karet, pengrusakan angkutan dibawah air dan tentunya kemampuan lanjut dari kegiatan penyelaman. Sekali lagi fakta menyatakan, sedikitnya jumlah kecelakaan yang terjadi pada pelatihan ini membuat pasukan Jagdkommando menjadi pasukan yang hebat dalam menghadapi peperangan daratan maupun lautan.

TRAINING GROUP 4 Pada kelompok pelatihan ini diutamakan pelatihan menghadapi perlawanan jarak dekat. Juga melakukan pengawalan terhadap individual-individual penting dari ancaman pembunuhan dan terorisme. Biasanya pelatihan ini memberikan pengetahuan akan pengamanan VIP seperti pengamanan Kepala Negara, pengamanan perhelatan konfrensi dan pelatihan menghadapi kejahatan penculikan. Untuk menghadapi kondisi penyanderaan juga diajarkan kegiatankegiatan

observasi, melakukan negosiasi, pengetahuan mengenai kriminalitas, sekaligus pengetahuan bela diri. Untuk membuat pasukan ini menjadi pasukan yang memiliki mobilitas tinggi, maka diajarkan juga tentang, khususnya, cara mengendarai mobil dan motor.

TRAINING GROUP 5 Pengetahuan akan segala bentuk persenjataan merupakan prioritas pelatihan yang diberikan pada kelompok pelatihan ini. Kemampuan untuk merakit bom maupun menjinakkannya juga diajarkan secara intensif. Setiap personel diajarkan bagaimana menggunakan senjata api, mulai dari senjata ringan, menengah hingga berat. Disini juga diberikan simulasi bagaimana mengatasi situasi yang inkondusif pada wahana bangunan dan penguasaan daerah pada peperangan urban. Para personel juga diajarkan bagaimana bertahan hidup, kemampuan bertahan dari tindakan interograsi pihak lawan dan juga peperangan langsung jarak dekat. Sebagai tambahan pelatihan, tiap personel akan diajarkan secara intensif bagaimana mengemudikan angkutan udara.<

Januari 2007 < DEFENDER <13 Januari 2007 < DEFENDER <13


GLOCK 21 Senjata ini diambil dari basis Glock20 dan menggunakan amunisi 45 ACP. Menggunakan frame glock 20 yang telah dimodifikasi, juga slide dan magasinnya ikut dimodifikasi, namun perbedaanya tidak begitu terlihan bahkan sangat mirip Glock 20. Setiap magasin berisikan 13 peluru dan dapat memuntahkan tembakan dengan cepat.

Persenjataan yang digunakan dalam pasukan ini kebanyakan dari produsen senjata Austria sendiri yaitu Styer. Dan varian senjata yang digunakan antara lain beberapa dari varian Styr August (STG 77), Glock pistols, senjata Sniper Styr Mannlicher MG-74 kaliber 7,62mm, Machine Gun M2 kaliber 12,7mm dan juga beberapa senjata anti tank PAR 66/79 dengan diameter peluru 8,4cm, banyak digunakan pasukan ini. Senjata lainya seperti Styr August Storm Rifle 77 baik versi A2 dan A3 juga banyak digunakan, senjata-senjata tadi merupakan standard persenjataan yang selalu dibawa oleh setiap personil dalam tiap tugasnya. Untuk standard senjata genggamnya pasukan ini memilih Glock 26, 21 dan beberapa senjata genggam otomatis Glock 18 dan kebanyakan berdiameter 9mm. Untuk penggunaanya yang lebih khusus, senjata-senjata gengnggam tadi sering juga ditambahkan dengan alat peredam dan penunjuk bersinar laser. STYER AUGUST A3 Steyr AUG A3 mempunyai sejumlah rel Picatinny (Mil. Std. 1913 rel), yang dapat dengan cepat dan mudah dalam pemasangan berbagai asesoris, seperti peluncur granat, lampu penerangan dan pencari target, termasuk berbagai peralatan optik atau alat lampu malam (night vision).

14 < DEFENDER < Januari 2007

AG36 AG36 adalah penembak tunggal granat berukuran 40 mm x 46 mm de-ngan menggunakan senapan G36, penggunaan polymers dan aluminium yang berkekuatan tinggi pada AG36 berperan menjaga ketahanan senjata tersebut. Senjata ini dapat menggunakan granat 40 mm x 46 mm , peluru plastik latihan, peluru baton flexibel, CS gas, dan OC (oloresin capsium, sama dengan gas airmata) gas magasin, WP/HE (bahan peledak putih) dan geranat IA.


STYER SSG69 Sejak 1969, prajurit ini mempertimbangkan untuk menggunakan P1 dan P2 dari SSG versi dunia yang terkenal, untuk menjadi salah satu senapan terbaik aplikasi taktis. Senjata ini dapat menggunakan berbagai macam asesoris tambahan dan sangat mudah digunakan.

STYER TMP Steyr TMP (Pistol Mesin Taktis) adalah suatu senapan ringan berkaliber Parabellum otomatis 9 x 19 Mm. senjata ini terkenal akan kemudaha penggunaanya, dapat menembak dengan tepat hingga 15 atau 30 peluru (isi penuh dari magasin), dibandingkan dengan 2-3 tambakan dari senjata SMG lainya, dan hampir menyerupai Steyr SP, hanya senjata ini dapat menembak secara otomatis penuh. Fasilitas lainya yang dimiliki senjata ini yaitu handgrip agar dapat dengan mudah menggenggamnya.

STYER AUGUST A2 5,56 mm STG 77/Styer August A2 dengan menggunakan magasin, Pada senjata ini juga di pasangkan teropong sniper seri KN252Z dari Simrad Optronic dan juga terdapat lampu berhologen sebagai bantuan pembidik. Senjata ini dapat juga dipasangkan sinar laser juga dapat menggunakan peredam suara.

REMINGTOM 870 Remington 870 adalah disain utama yang keempat dalam deretan senapan pompa Remington, mempunyai Ukuran: 12, 16, 20, 28, dan . 410 dan penggunaan operasinya lewat pemompaan, dengan magasin 3-8 peluru, tergantung pada model dan panjangnya peluru. Mempunyai berat: 3-3.5 kg

Januari 2007 < DEFENDER <15


Dari sekian banyak misi yang dijalankan pasukan khusus ini mungkin hanya beberapa saja yang diketahui oleh publik, itupun misi-misi yang menyangkut pengamanan publik. Dan pihak angkatan bersenjata Austria juga melakukan tutup mulut terhadap kegiatan rahasia yang dijalankan oleh pasukan khusus ini namun ada juga yang mereka publikasikan demi kelancaran tugas dari pasukan ini.

16 < DEFENDER < Januari 2007


s

alah satu misinya yang dikenal yaitu pada tahun 1968 dimasa krisis CSSR dimana pada saat itu pasukan ini ditugaskan untuk mengamankan pusat pemerintahan. Misi ini dikenal dengan sandi â&#x20AC;&#x153;Clearing Upâ&#x20AC;? dimana misi ini mengakibatkan reaksi yang sangat tajam dari pihak partai yang berkuasa di parlemen pada saat itu. Pada masa itu pemerintahan yang berjalan menyatakan bahwa keadaan politik Austria sangat lemah, dan membuat situasi keamanan pada saat itu sangat rapuh. Pasukan khusus ini mendapatkan perintah untuk mengamankan pemerintahan yang berjalan serta melakukan komunikasi antar dua

arah kepada pemerintahan pusat saat itu yaitu pihak Russia sebagai penguasa federasi eropa timur atau yang lebih dikenal Uni Sovyet. Pada tahun 1972 pasukan ini kembali mendapatkan tugasnya yaitu untuk melakukan penetrasi terhadap ancaman terror dan tindakan sabotase. Misi ini berlangsung selama 20 hari dalam peperangan di seputaran Golan. Pihak teroris saat itu berhasil dipukul mundur oleh pasukan ini dan beberapa personil dari pasukan ini mengalami cidera yang cukup parah. Keberhasilan pasukan ini mendapat kitikan tajam dari pihak internasional dikarenakan banyak korban dari pihak sipil pada saat pertempuran itu berlangsung.

Di tahun 1973 selang beberapa bulan pasukan ini kembali bersama pasukan khusus negara eropa lainya berusaha untuk terus mendesak pasukan lawan yang bertikai, dan juga menjaga keamanan di daerah Schah-Persia, beberapa bulan berikutnya pasukan ini dikembalikan ke Vienna ibu kota Austria setelah peperangan melawan teroris mereda. Buntut dari perlawanan ini dilakukan genjatan sejata, dan pihak lawan serta gabungan aliansi pasukan khusus negara-negara eropa ditarik mundur, dan kemudian diambil alih oleh pasukan keamanan PBB Tahun 1991 dimana terjadi krisis di Slovenia, pihak Angkatan Bersenjata kembali menugaskan pasukan khusus

ini untuk melakukan monitoring pada wilayah perbatasan. 5 tahun kemudian yaitu 1997 dimana terjadi peperangan di kawasan Bosnia Herzeovina, pasukan ini kembali memberikan andilnya dengan mengerahkan sebanyak 125 personilnya sebagai kontingen penjaga perdamain di kawasan Albania. Tugas-tugas pasukan ini antara lain menjaga kamp-kamp pengungsian, pengamanan pelabuhan laut dan lapangan udara hingga penjagaan berlangsungnya pemungutan suara di kawasan Slovenia tersebut. Tahun 1999 tepatnya pada tanggal 3 April pasukan ini dimintai kembali dalam operasi penyerangan juga memperkuat pasukan Austria yang telah ada di kawasan Albania yaitu di perkampu-

ngan Austria di Skhodra. Kali ini pasukan diberikan tugas-tugas pengawalan terhadap pejabat penting, pengawalan transportasi keuangan hingga keadaan kawasan itu dinyatakan benar-benar aman. Tugas-tugas lainya pada jangka waktu setelah penugasaan di kawasan Albania beberapa diantaranya; pasukan ini diminta untuk memperkuat pasukan Austria pada kontingen pengamanan di Kososvo (KFOR) juga dikawasan Bosnia (SFOR), hingga pada tahun 2001 berpartisipasi dalam perang melawan teroris di Afganistan (ISAF). Pada saat pengamanan di Kosovo pasukan ini berhasil menekan penyeludupan senjata, dan yang paling besar operasinya, yaitu penangkapan penyelundup senjata di daerah pedesaan

di Gebrigsrouten, juga beberapa daerah lainya di sekitar Tetovo. Sebelumnya pihak Turki dan Inggris telah banyak berupaya untuk menekan penyelundupan senjata ini namun belum banayak membuahkan hasil. Tugas terbaru dari pasukan khusus ini adalah mengamankan kelancaran persidangan terhadap penjahat perang mulai dari pengawalan terpidana dan melakukan konvoi pengamanan. Dan pada 2002 pada tanggal 8 Juni tepatnya, pasukan ini dimintai kesedianya oleh Angkatan Darat Austria untuk mengambil bagian dalam delegasi pasukan keamanan serta memperkuat pasukan pemburu Batalion 25 di Kabul, Afganistan (penugasan ISAF).<

Desember Januari 2006 2007 < DEFENDER <17


Berjuang, Berbakti, Membangun 18 < DEFENDER < Januari 2007


Januari 2007 < DEFENDER <19


aja, s a n a m dan di n a lyon p a a t k a b n a h k sejara igerak n d a p n a a i l s a ng TIH. erj a U p y , P u n K t a k A u a R t KO nw i sa Sebaga genal ruang da ALYON 718/TENG AT en tanpa m dengan nama B ali ini diaw 20 < DEFENDER < Januari 2007


Torehan tinta emas Batalyon Lintas Udara (Yonif Linud ) 330/Tri Dharma Kostrad yang disumbangkan kepada bangsa dan Negara tidak ternilai harganya. Wujudnya, dalam bentuk pengorbanan tanpa pamrih sebagai prajurit Sapta Marga sejati, untuk menjaga keutuhan dan menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dari berbagai macam gangguan dan ancaman.

K

ala itu, 3 April 1952 datanglah ke Jawa Barat Batalyon 718/Tengkorak Putih pimpinan Mayor RMP. Surjo Subandrio, yang baru saja menjalankan tugas operasi penumpasan pemberontakan Andi Azis di Makasar dan Pemberontakan RMS di Ambon. Setibanya di Jawa Barat, Batalyon 718/Tengkorak Putih lalu direorganisasi ke Satuan-Satuan Teritorium III. Dan, berdasarkan Divisi Order Panglima Teritorium III, Batalyon 718/Tengkorak putih masuk dalam organik susunan tempur Teritorium III dan pada 25 April 1952 ditetapkan menjadi Batalyon 330. Kermudian satuan ini ditarik dari Resimen-9, dipindahkan ke organik Staf Divisi Siliwangi/Teritorium III, lalu ditetapkan menjadi batalyon pemukul. Dua tahun kemudian, tepatnya 5 Oktober 1957, setelah Batalyon menyelesaikan latihan-latihan, kemudian diresmikan menjadi BATALYON 330 KUJANG dengan tugas sebagai Cadangan Umum Teritorium III/Siliwangi. Tahun berikutnya, pada 9 April 1958, berdasarkan Surat Keputusan Panglima Teritorium III Nomor: Kep-43-3/4/1958, Batalyon 330 Kujang ditetapkan menjadi BATALYON 330 KUJANG I. 5 Juli 1959, melalui Surat Keputusan Panglima Teritorium III/Siliwangi Nomor Kep-42-2/7/1959, Batalyon 330 Kujang-I ditetapkan menjadi BATALYON RAIDER TERITORIUM III dan berhak memakai Seragam Loreng, Baret Hijau dan Pisau Komando. Kemudian, pada 18 Agustus 1960, Pangdam VI/Siliwangi memutuskan memberikan lambang perjuangan berupa panji dengan motto

â&#x20AC;&#x153;TRI DHARMAâ&#x20AC;?, yang berarti berjuang, berbakti dan membangun, dalam bentuk lukisan yang terkenal dengan sebutan Tunggul Batalyon. Sebagai Batalyon yang siap digerakan dengan mobilitas yang tinggi, maka Batalyon 330 melaksanakan latihan penerjunan dan menjadikannya sebagai BATALYON PARA KUJANG I. Selanjutnya, pada 1966 masuk ke susunan tempur Brigade 17/Lintas Udara Kujang I. Tidak terhenti sampai disitu, dari 14 April s.d 18 Mei 1980 satuan ini melaksanakan latihan pemantapan berkualifikasi Raider, di Puslatpur Dam VI/Siliwangi Ciuyah, Banten. Roda perputaran sejarah terus berlanjut dan akhirnya berdasarkan keputusan Kasad Nomor Skep : 320/VI/1987, 3 juni 1987 tentang pengesahan penggunaan Lambang Kesatuan tingkat Tunggul dalam jajaran Kostrad, maka satuan ini lalu ditetapkan menjadi BATALYON INFANTERI LINTAS UDARA 330/TRI DHARMA, hingga sekarang. Selain menyumbangkan subangsinya kepada negara bangsa, Yonif Linud 330/ Kostrad telah banyak juga menelorkan putra-putra terbaik bangsa, diantaranya Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. Mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Pur) Endriartono Sutarto, Kasad Jenderal TNI Djoko Santoso. Himawan Sutanto, Yogie S. Memet, Djamari Chaniago, Agus Wirahadikusumah (Alm) dan Syamsul Mapparepa.<

DISLOKASI MARKAS YONIF LINUD 330/TRI DHARMA 1952-1953 1953-1954

di Majalengka. di Cipunagara, Subang. 1954-1984 di Dayeuhkolot. 1984-skrng di Cicalengka. Januari 2007 < DEFENDER <21


VISI DAN MISI Dalam menjalankan kegiatanya Yonif Linud 330 /Tri Dharma diharapkan menjadi satuan yang handal, memiliki prajurit yang profesional dan tangguh serta setiap saat siap digerakkan dalam penugasan yang penuh rintangan dan keberadaannya juga diharapkan akan dicintai oleh rakyat Indonesia, merupakan visi yang harus dijalankan oleh kesatuan ini. Sedangkan misi yang harus diemban satuan ini antara lain : - Mantapkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, bagi seluruh anggota satuan. - Mantapkan peran seluruh unsur pimpinan di satuan. - Melaksanakan latihan secara terencana untuk membentuk prajurit pofesional, melaksanakan pembinaan disiplin, moril dan jiwa korsa seluruh prajurit di satuan. - Meningkatkan kesiapsiagaan satuan dengan memelihara kondisi pangkalan agar selalu dalam keadaan tertib, bersih, rapi, indah dan sehat. - Menciptakan hubungan baik dengan seluruh lapisan masyarakat, TNI dan Polri, khususnya diwilayah Jawa Barat.

22 < DEFENDER < Januari 2007


TRI DHARMA Berjuang, Berbakti, Membangun â&#x20AC;&#x153; TRI DHARMAâ&#x20AC;? merupakan penggambaran dari sikap dan lambang kebanggaan setiap prajurit Yonif Linud 330 Kostrad sebagai alat Negara, Yonif Linud 330 mempunyai tanggung jawab terhadap Nusa dan Bangsa dan selalu bersifat Ksatria dengan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Dalam menjalankan tugas dengan tekun tanpa menyombongkan diri dengan tidak melupakan Sumpah Prajurit dan Sapta Marga. Dengan Persatuan dan Kesatuan yang Kokoh melaksanakan TRI DHARMA atas dasar kebenaran, kejujuran dan keluhuran budi demi tercapainya cita-cita Bangsa dan Negara yaitu adil dan makmur.

Januari 2007 < DEFENDER <23


ADU BAKO

“Adu Bako, ibarat cermin diri prajurit Yonif Linud 330/ Tri Dharma, yang senasib sepenanggungan dengan rakyat” Kesuksesan tugas Batalyon Infanteri Lintas Udara 330/Tri Dharma Kostrad dalam setiap operasi militer tidak terlepas dari pembinaan satuan yang baik, salah satunya melalui aktivitas belajar dan berlatih secara kontinyu, untuk mejadi prajurit professional.

24 < DEFENDER < Januari 2007

Penanaman jiwa korsa harus melekat disamaartikan dengan pembinaan teritorial. Adapun bentuk nyata kegiatan Adu Bako atau pembinaan terirorial terbatas, misalnya melakukan ”sholat jum’at berkeliling” yang dilakukan oleh personel batalyon, secara bergiliran ke Masjid yang ada disekitar markas. Melaksanakan kejuaran sepak bola yang diadakan setiap tahun sekali diikuti 160 kesebelasan se Jawa Barat, memperebutkan piala komandan batalyon. Juga, mengadakan pertunjukan wayang golek bagi warga masyarakat. Pengaktualisasi budaya inilah yang menjadi kunci keberhasilan dalam melaksanaan tugas operasi selama ini.


PENGABDIAN 1.Operasi DI/JABAR ke-I, 1950 s.d 1953. 2.Operasi DI/JABAR ke-II, 1953 s.d 1956. 3.Operasi DI/JABAR ke-III, 1956 s.d 1959. 4.Operasi Penumpasan PRRI/SUMUT, 1958 s.d 1959. 5.Operasi PERMESTA/SULUT, 1959 s.d 1960. 6.Operasi GARUDA-II/KONGO, 1960 s.d 1961. 7.Operasi TRIKORA/IRIAN BARAT, 1961 s.d 1962. 8. Operasi BHARATA YUDHA/PENUMPASAN GEROMBOLAN KARTO SUWIRYO, 1964 s.d 1965. Pada 5 Pebruari 1965, 06.30 WIB, Gembong Gerombolan DI / TII KAHAR MUZAKAR tertembak mati oleh senjata Thomson Koptu ILI

SADELI dalam penyergapan yang dilakukan oleh Peleton I Kompi B, di bawah pimpinan Peltu UMAR SUMARNA dipinggir Sungai LASOLO. 9.Operasi PENUMPASAN G.30.S/PKI, 1965 s.d 1966. 10.Operasi PENUMPASAN PGRS/ KALBAR, 1968 s.d 1969 11.Operasi SEROJA/TIMOR-TIMUR, 1975 s.d 1976. 12 Operasi BASKARA JAYA/PULAU BANGKA, 1978. 13.Operasi JEUMPA V/ACEH, 1979. 14.Operasi TUNTAS/TIMOR-TIMUR, 1979 s.d 1980. 15.Operasi KUTERINBAT/TIMORTIMUR, 1981 s.d 1982. 16.Operasi KILAT/TIMOR-TIMUR, 1983 s.d 1984. 17.Operasi WATUMISA/TIMORTIMUR, 1986 s.d 1987.

18.Operasi MANTAP III TIMORTIMUR, 1994 s.d 1995.Berhasil menembak mati Komandan Unidade Sektor Laga RODAX TT. 19.Operasi KHUSUS IRJA, 1996. Berhasil membebaskan 12 orang sandera “Tim Lorenz”. 20.Operasi SATGASRAT GARUDA I IRJA, 1998 s.d 1999. 21.Operasi SATGASRAT GARUDA II IRJA, 1999 s.d 2000. 22.Satgas Pam Wilayah perbatasan RI Malaysia, 2000. 23.Operasi Bhakti TNI/Civic Mission di daerah IRIAN JAYA,2000 s.d 2001. 24.Operasi Kompi Satgasrat Rajawali Aceh, 2001 s.d 2002. 25.Operasi Pemulihan Keamanan di daerah Nanggroe Aceh Darussalam dari tahun 2001 s.d 2002.

Januari 2007 < DEFENDER <25


P

”Dalam jarak pandang 25 m, saya melihat ada anggota GAM berjalan dekat kami. Mereka pakai jeans dan kaos hitam dengan senjata AK” Nasib baik masih berpihak pada Praka Mukson, Tabak SO3/III/D dari satuan Yonif Linud 330/Tri Dharma Kostrad. Saat bertugas pada 2005 di propinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), prajurit ini berhasil mengukir prestasi sebagai prajurit TNI AD terbaik, karena berhasil melumpuhkan 3 (tiga) anggota GAM sekaligus, saat melakukan patroli keamanan. 26 < DEFENDER < Januari 2007

emuda asal Solo, Jawa Tengah ini pada mulanya tidak sengaja bertemu dengan segerombolan pasukan GAM di tengah-tengah patroli rutin Tim Drajat-3 Bandung/D di daerah Idi Rareuk, Aceh Timur.. Pada saat patroli siang, rekannya merasa sakit perut dan minta bergantian jaga di dekat sungai. “Ketika kami sampai dekat sungai dan teman mau buang hajat, kami melihat ada kotoran yang mengambang lewat. Kawan saya bilang berarti tak jauh dari lokasi ada orang lain yang baru saja dari lokasi kami,” papar Praka Mukson. Lalu, ketika kawannya tengah membuang hajat, Praka ini mengambil posisi berjaga-jaga dan ternyata ramalannya benar. ”Dalam jarak pandang 25 m, saya melihat sekitar satu regu anggota GAM berjalan dekat kami. Mereka pakai jeans dan kaos hitam dengan senjata jenis AK, senjata organik pasukan GAM,” katanya. Ia masih ragu untuk mengambil keputusan menembak. Prajurit ini mempunyai berbagai pertimbangan, meski posisinya sudah tepat untuk menyerang lawan. “Jika anggota yang pertama saya tembak, maka orang kedua dan ketiga akan kocar-kacir untuk melindungi diri serta mencari posisi menyerang balik. Akhirnya saya putuskan menembak orang ketiga dan memang perkiraan saya tepat. Ketika yang ketiga ditembak maka orang pertama dan kedua tak sempat berlindung, dan saya tembaki juga dan semua tepat sasaran. Mereka semua tewas di tempat,” papar Mukson. Mendengar suara tembakan bertubi-tubi, kawannya yang sedang buang hajat langsung membantu Mukson dan

menembaki lawan yang lain dengan gagah berani, tapi tak sadar bahwa posisi senjatanya sangat dekat dengan telinga temannya itu. Setelah peluru habis, telinga kanan Mukson mengalir darah dan suara senjata yang cukup lama itu sedikit merusak gendang telinganya. ”Saat ini telinga kanan saya tidak bisa mendengar lagi dengan sempurnya,” ungkapnya. Setelah kejadian itu, ia mendapat penghargaan sebagai prajurit terbaik. Mukson merasa bangga atas prestasinya menewaskan tiga orang GAM dan mendapakan satu pucuk AK47 dan dua pucuk AK56. Ia berharap TNI AD tetap memberikan yang terbaik bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Namun di sisi lain dia juga mengharapkan agar prajurit yang berprestasi diberi rangsangan kesejahteraan. “Dengan rangsangan itu, kami merasa prajurit dihargai atas prestasinya dan moril semakin tinggi untuk membela negara,” paparnya. Mukson tetap siap untuk ditugaskan kemana saja, meski dia baru saja melepaskan masa lajangnya tahun 2005. Ia memulai karir sebagai prajurit di tahun 1996 ketika dirinya memutuskan untuk masuk Catam di Kodam Jaya. Setelah pendidikan, Mukson ditempatkan di Yonif Linud 330/Tri Dharma. <


PUSAT

Mekanisme VICTORS ini tidak dapat dibohongi atau direkayasa, karena bila salah memasukan data, maka kerugian personel dan materil akan muncul di data komputer 28 < DEFENDER < Januari 2007

s

eiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi semua negara berlomba-lomba menciptakan peralatan perang yang canggih, termasuk sarana latihan simulasi tempur. Karena, pada masa kini dan akan datang peperangan lebih banyak menggunakan komputer dan mesin robot, salah satu contoh yang baru kita saksikan perang antara Irak dan Amerika yang didominasi oleh mesin - mesin komputer. Karena dengan peralatan ini dapat menekan seminimal mungkin tingkat kerugian personel maupun materiil serta tingkat akurasinya dapat diandalkan. Untuk memenuhi kebutuhan organisasi dalam bidang latihan simulasi tempur, maka Kepala Staf TNI Angkatan Darat me-

ngeluarkan Skep Kasad No. Skep/10/I/1997, 20 juli 1997 tentang organisasi dan tugas Pusat Simulasi Tempur (Pussimpur) TNI AD. Terbentuknya organisasi ini, pada 15 Desembar 1997 kemudian dijadikan sebagai hari jadi Pusat Simulasi Tempur hingga sekarang. Pussimpur TNI AD dipimpin oleh seorang komandan (Dan Pussimpur) berpangkat Kolonel. Pussimpur, pertama; mengemban fungsi utama selaku pembina fasilitas tempur, yang diwujudkan dengan menyelenggarakan latihan dan mengembangkan sistem operasi dan sistem senjata matra darat. Kedua; mengemban fungsi organik militer, yakni dengan melaksanakan, mengendalikan, dan mengawasi, kegiatan intelijen dan pengamanan (personel, materiil, keuan-


gan, informasi dokumen dan kegiatan). Ketiga; mengemban fungsi organik pembinaan, yang terealisasi dengan merencanakan dan melaksanakan mengendalikan, mengawasi manajemen Pussimpur. Dan, dalam organisasi Pussimpur, terdapat Eselon Pelaksana, yakni Simlap (Simulasi Lapangan), Simtis (Simulasi Taktis) dan Simpan (Simulasi Pandang). Untuk diketahui, pada awal terbentuknya organisasi Pussimpur 15 Desember 1997 hingga Juni 1998, belum memiliki markas/pangkalan yang digunakan sebagai kegiatan organisasi Pusat Simulasi Tempur. Untuk operasional tugasnya sehari-hari, Pussimpur masih menumpang di salah satu barak Kodiklat, jalan Gatot Subroto No. 01

dua unit komputer bantuan dari Disinfolahta (Dinas Informasi Dan Pengolahan Data (Disinfolahta) TNI AD, Jakarta, yang didalamnya dilengkapi dengan VICTORS (Variable Intensity Computerized Training Simulation) dari Amerika Serika. Sejak saat itulah, alat bantu latihan simulasi tempur menggunakan sistem VICTORS mulai diperkenalkan di jajaran TNI AD, sebagai sarana latihan simulasi tempur hingga tingkat brigade. Dan, mulai 23 Juli 1998 Pussimpur menempati gedung baru di jalan Halmahera No.5 Bandung hingga sekarang. Dihadapkan dengan perkembangan jaman dan kemajuan teknologi serta mengejar ketertinggalan dalam bidang latihan simulasi tempur (simpur), maka pada 1999 latihan Geladi Posko Simpur mulai dilaksanakan dengan sarana pendukung komputer, menggunakan metode dari Amerika Serikat (USARPAC), yaitu Wargaming Computer. Bersamaan dengan itu didatangkan juga peralatan dari Inggris, ”Hunting Engeneering”, yaitu Ironside Wargaming Sistem). Untuk mendukung dan memperlancar latihan ini, maka dilaksanakan latihan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut untuk mencetak sumber daya manusia yang

latih bersama TNI AD. Sedangkan satuan yang pernah dilatih Pussimpur; (tahun 1997) Yonif 327, 330, 503 dan Yonif 612; (tahun 2000) Yonif 323 dan 642; (tahun 2002) Yonif 303/Kostrad, Yonif 509/Kostrad dan Yonif 330/Kostrad serta Yonif 406. Selain itu, Pussimpur juga mengelar pelatihan bagi siswa di lembaga pendidikan Selapa (Sekolah Lanjutan Perwira) dan Seskoad (Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat). Profesionalisme prajurit Pussimpur TNI AD sudah diakui oleh angkatan darat negara jiran, Malaysia. Terbukti, baru-baru ini Panglima Latihan Tentara Darat Malaysia Mayjen Dato Khalid Bin Saad beserta rombongan mengadakan kunjungan kerja selama dua hari ke Mako Pussimpur TNI AD, di Bandung.

SIMULASI TEMPUR ”Menekan Kerugian Personel & Materiil” Cimahi, dengan fasilitas dua unit komputer yang tidak memadai bagi kepentingan tugas. Saat itu (1981), latihan simulasi tempur dilakukan dengan menggunakan alat peralatan sederhana dan tradisional, yakni berupa dadu, papan dan peta, sebagai sarana tempur manual. Namun penggunaan dadu sebagai sarana latihan dirasakan tidak rasional dan obyektif serta tidak efektif lagi. Selanjutnya, untuk memenuhi kebutuhan organisasi dan memperlancar tugas, Pussimpur mendapat

mempunyai kualifikasi komputer sekaligus handal dalam taktik dan teknik bertempur. Sejak berdirinya Pussimpur mulai 1997 hingga sekarang, peran dan kiprah nyata bagi institusi TNI AD sangat besar, dengan dilaksanakan latihan setiap tahun di berbagai satuan jajaran TNI AD, maupun latihan bersama dengan angkatan darat negara sahabat. Tercatat, Angkatan Perang Tentara Darat Malaysia dan Singapura pernah ber-

Kunjungan tersebut, selain merupakan tindak lanjut dari latihan bersama antara angkatan darat Malaysia dan Indonesia serta mempererat hubungan kedua angkatan yang selama ini sudah terjalin dengan baik, sekaligus juga untuk melihat dari dekat Pussimpur TNI AD berikut penggunaan peralatan simulasi tempur VICTORS yang sudah dikembangkan software-nya. Hal ini mengingat bahwa VICTORS juga dipakai oleh Malaysia.< Januari 2007 < DEFENDER <29


30 < DEFENDER < Januari 2007


G

eorge Smith Patton Jr. merupakan pang lima utama angkatan darat AS selama PD II. Dalam 36 tahun karir militernya, ia adalah penyokong peperangan bersenjata dan memimpin satuan utama dalam operasi militer di Afrika Selatan, Eropa dan lainnya. Lahir di San Gabriel, California, ayahnya bernama George Smith Patton Sr. dan ibunya Ruth Wilson merupakan anak dari Benjamin Wilson, seorang politikus dan tuan tanah terkemuka di Pasadena. Patton dibesarkan dalam keluarga kaya raya, taat beragama dan berlatarbelakang militer. Sejak kecil ia tumbuh dalam lingkungan beratmosfir militer, sehingga Patton Jr. bertekad menjadi seorang jenderal dan pahlawan. Patton Jr. masuk Virginia Military Institute selama satu tahun dan kemudian pindah ke West Point. Ia mengulangi tahun pertamanya dengan terhormat dan ditunjuk sebagai kopral ajudan (posisi tertinggi untuk kadet yang kedua). Akhirnya ia lulus pada 1909 dan menerima pangkat sebagai perwira kavaleri. Ketika di West Point, Patton berkenalan

dan dekat dengan teman masa kecilnya Beatrice Ayer, yang kemudian dinikahinya tak lama setelah ia lulus. Selesai dari West Point, ia ikut olimpiade musim panas pada 1912, mewakili Amerika Serikat, dalam panca lomba modern pertama dan berhasil meraih urutan kelima. Ia juga memimpin dalam kompetisi menembak.

Patton adalah seorang petembak ahli yang sempurna dengan sebuah pistol. Usai mengikuti olimpiade, Letnan Patton menjadi tentara termuda ahli pedang. Patton meningkatkan dan memodernisasi teknik anggar kavaleri pedang angkatan darat dan merancang M1913 sebagai pedang kavaleri. Pedang tersebut besar. Pangkal pedang Januari 2007 < DEFENDER <31


berbentuk seperti keranjang terpasang lurus, memiliki dua mata pisau. Tusukan pedang dirancang khusus untuk digunakan oleh kavaleri besar. Pedang tersebut sekarang terkenal dengan nama pedang “Patton”, yang desainnya sebagian besar dipengaruhi oleh bentuk pedang kavaleri angkatan darat Inggris pada 1908 dan 1912. Di dalam hal karier, Patton mengawalinya dengan bertugas di resimen kavaleri ke13 AS di Fort Bliss, Texas, selama Ekspedisi Meksiko 1916. Ia bertugas sebagai ajudan Brigjen John J. Pershing dalam melakukan pengejaran Pancho Villa. Selama melakukan tugas, Patton yang ditemani sepuluh prajurit resimen infanteri ke-6 membunuh Jenderal Julio Cardenas, pemimpin pengawal pribadi Villa. Karena aksinya ini, Pershing menjulukinya sebagai “Bandito”. Keberhasilan Patton ini membuatnya terkenal sebagai bandit di Amerika Serikat. Pada saat serangan masuknya AS di PD I, Jenderal Pershing mempromosikan pangkat Patton menjadi kapten. Patton meminta agar dia diberi perintah bertempur dan Pershing menugaskannya pada ”United State Tank Corps” yang baru saja dibentuk. Ia menjadi pengamat di pertempuran Cambrai dimana pertama kalinya tank dipakai sebagai pasukan penting. Dari kesuksesannya, Patton kembali dipromosikan pangkatnya, menjadi mayor, lalu letnan kolonel dan selanjutnya ditempatkan sebagai pemimpin U.S Tank Corps, yang menjadi bagian pasukan ekspedisi dan Angkatan Darat pertama Amerika. Pada September 1918, ia mengambil bagian dalam pertempuran Saint-Mihiel dan 32 < DEFENDER < Januari 2007

D. Eisenhower yang berperan penting dalam karir Patton selanjutnya. Pada awal 1920, Patton mengajukan petisi ke kongres AS untuk menyediakan dana bagi pasukan bersenjata, namun tiak berhasil. Patton juga menulis artikel profesional tentang tank dan taktik kendaraan bersenjata serta menyarankan metode baru untuk penggunaannya. Ia juga melanjutkan bekerja pada perbaikan tank dengan melakukan inovasi pada radio komunikasi dan puncak tank. Karena kurangnya dana untuk inovasi pada masa damai militer, akhirnya Patton ditarik kembali ke kavaleri untuk kemajuan karirnya. Pada Juli 1932, Patton bertugas dibawah Kepala Staf Angkatan Darat AS, Jenderal Douglas Mac Arthur, sebagai pemimpin utama kavaleri dalam sebuah aksi untuk membubarkan protes veteran di Washington DC, yang dikenal sebagai “Bonus Army” Sebelum kembali ke Washington, Patton bertugas di Hawaii. Pada akhir 1930an, akhirnya Patton berhasil meyakinkan kongres tentang kebutuhan divisi bersenjata. Sesaat kemu-

tetembak saat mencari bantuan untuk tank yang terjerumus dalam lumpur. Peluru menembus paha bagian atasnya. Atas jasanya dalam operasi MeuseArgonne, Patton menerima “Distinguished Service Medal” dan “Distinguished Service Cross” serta dipromosikan menjadi kolonel penuh. Karena lukanya saat bertempur, ia juga dihadiahi “Purple Heart”. Ketika bertugas di Washington D.C pada 1919, Jenderal Patton bertemu Dwight


dian, Patton dipromosikan menjadi brigadir jenderal dan memerintah brigade bersenjata. Brigade tersebut akhirnya berkembang ke dalam “US 2nd Armored Division”, lalu ia dipromosikan menjadi mayor jenderal.

Namanya diabadikan sebagai nama jalan di AS, seperti Patton Drive di Pittsburgh, Pennsylvania, General George Patton Road di Nashville, dan Patton Tank di Tennessee. Dalam kancah PD II, Patton mendirikan “Desert Training Center” di Indio, California.Pada 1942 ia memimpin “Western Task Force of the U.S. Army” pada operasi Torch di Moroko. Karir militer Patton pada 1943 diawali dengan kekalahan “U.S. II Corps” sebagai bagian dari AD Inggris pertama dari “German Afrika Korps” dalam pertempuran Kasserine Pass. Saat ia berpangkat Letnan Jenderal, ditempatkan pada ”U.S II Corps”, pada 6 Maret 1943. Dengan kedisiplinan, ketekunan dan sikap tegasnya, Patton dengan cepat membawa pasukannya menebus kekalahan dengan memukul mundur Jerman keluar dari Afrika Selatan.

Selain itu, Patton juga ditugaskan dalam pertempuran di Sicily, Italia. Meskipun kemenangan berada ditangannya, namun keganasan Patton menimbulkan kontroversi ketika pasukan Amerika membunuh 76 tawanan perang. Karir militer Patton pun hampir berakhir pada Agustus 1943 ketika ia menampar prajuritnya yang ia pikir sedang bersikap pengecut padahal prajurit tersebut sebenarnya menderita Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD). Oleh karenanya, ia bersembunyi dari publik dan atas saran Eisenhower ia meminta maaf pada prajuritnya. Peristiwa itu membuatnya berhenti bertugas untuk sementara waktu. Karakter Patton yang kompleks, self-concentrated dan impulsif seringkali menyebabkan kejengkelan politik. Meskipun demikian sosoknya sebagai panglima tempur sangat disegani oleh banyak kalangan, termasuk sekutu dan bahkan musuhnya. Kiprah Patton di kancah militer berlanjut dengan memimpin operasi militer Cobra di Normandy pada 1 Agustus 1944, operasi militer di Lorraine (31Agustus-23 November 1944), pertempuran Ardenness (Desember 1944-Mei 1945). Dan, semua pertempuran dan operasi militer yang dipimpinnya itu selalu berhasil. Keberhasilannya dalam setiap pertempuran menjadikannya sebagai sosok pahlawan yang dipuja-puja. Peristiwa besar dalam sejarah ketika pada 9 Juni 1945, Patton berpawai di Los Angeles, California dan bertemu dengan 100,000 orang. Dengan berseragam militer lengkap, ia berbicara di depan publik dan hal itu merupakan peristiwa langka di Amerika dimana penduduk sipil dan media massa melihat dan mendengar pejuang terkenal berbicara di atas mimbar. Pada saat itu, Patton juga menyerahkan kunci dokumen historis Nazi yang sudah dikumpulkan, kepada Perpustakaan Huntington. Pada 9 Desember 1945, sehari sebelum kembali ke Amerika Serikat, Patton terluka dalam kecelakaan di jalan raya. Kecelakaan terjadi ketika ia berada dalam perjalanan liburan untuk berburu. Mobil Cadilac 1939 Model 75 yang dikendarainya menabrak sebuah truk. Jenderal Patton terlempar ke depan dan kepalanya membentur logam bagian pemisah antara tempat duduk depan dan belakang. Kepala stafnya, Mayjen Hobart R Gay dan sopirnya PFC Horace Wooding yang juga berada dalam mobil itu tidak terluka. Patton mengalami kelumpuhan pada bagian leher ke bawah. Dan, akhirnya George Patton meninggal dunia karena penyempitan pembuluh darah pada 21 Desember 1945 di rumah sakit militer di Heidelberg, Jerman. Patton dimakamkan di Luxembourg American Cemetery and Memorial, di

Hamm, Luxembourg. Mobil Patton diperbaiki dan saat ini dipajang bersama barang-barang Patton yang lainnya, di “Patton Museum of Cavalry and Armor” di Fort Knox, Kentucky.<

Name George S. Patton Jr

Nickname Old Blood and Guts

Place of birth San Gabriel, California

Place of death Heidelberg, Germany

Allegiance United States Army

Years of service 1909 - 1945

Rank General Commands 3rd Cavalry Regiment U.S. 2nd Armored Division U.S. II Corps U.S. Seventh Army U.S. Third Army U.S. Fifteenth Army

Battles/wars Mexican Expedition World War I World War II

Awards Distinguished Service Cross (2) Distinguished Service Medal (3) Silver Star (2) Bronze Star Purple Heart Januari 2007 < DEFENDER <33


HARMONY

K

etika suatu senjata tidak efisien secara teknis, tidak cukup secara taktis, sedikit nilai operasionalnya dan tidak efektif pada tingkat strategi medan perang maka prediksi tentang apa yang akan terjadi pada tingkat penentuan strategi utama dimana senjata tertentu itu mencapai efek terakhirnya, dapat dilakukan dengan aman. Tunduk pada kesalahan penaksiran oleh orang lain dan juga pada tipu muslihat yang disengaja, mengakibatkan senjata tersebut harus menambah sedikit suasion untuk memba-ngun angkatan bersenjatanya sebagai satu kesatuan. Dan, tunduk pada semua kemungkinan pertempuran membuat senjata tak dapat berbuat lebih untuk menambah kesempatan menang dalam peperangan. Ini memang nyata, bahwa urutan

34 < DEFENDER < Januari 2007

DISHARMONY

Sudah diketahui bahwa tak ada keharmonisan otomatis di antara level vertikal strategi dan implikasi penuh dari ketidakharmonisan pun sudah bisa dihadapi

I[ N

A W

] R


tingkat demi tingkat keberhasilan yang sama-sama harmonis dapat diperkirakan untuk memperoleh hasil yang bagus pada tingkat strategi utama, baik untuk suasion maupun dalam peperangan. Ketika diperkenalkan pertama kali pada akhir abad 17, semua prajurit akhirnya diperbolehkan untuk dilengkapi dengan senjata api meskipun pada saat itu bayonet sederhana dapat membuat perbedaan penting. Hingga kemudian, tiap pasukan infanteri harus memiliki satu bagian prajurit bertombak untuk menahan beban kavaleri saat musketeer (prajurit bersenjata senapan kuno, serdadu laras panjang) cenderung memperlambat pengisian kembali senjatanya. Bagi Angkatan Darat Perancis yang pertama kali memakai peralatan baru dalam jumlah besar, pada mulanya bayonet benar-benar memenangkan pertempuran. Hal ini karena infanteri dapat memiliki daya tembak yang lebih daripada pasukan musuh yang jumlahnya sama asalkan sebagian dari mereka masih bersenjatakan tombak. Bayonet siap dipakai, karena senjata ini hanya membutuhkan sedikit inovasi. Bayonet sangat kompatibel dengan taktik dan metode operasional yang sudah ada, juga dengan organisasi resimen yang sudah terbentuk. Bekas pasukan bertombak pun dapat dilatih dengan cepat menjadi musketeer dan ketegangan pada persediaan tidak berarti apapun ketika ratusan tembakan yang diluncurkan tiap prajurit menjadi harga mati untuk keseluruhan masa peperangan. Namun demikian, akhirnya bayonet ditinggalkan setelah dipakai di seluruh dunia dan menyebabkan keunggulan awal pasukan Perancis hilang seluruhnya. Pada abad 20, pengenalan jaringan British Chain Home, pangkalan awal peringatan radar untuk Pertempuran Britain pada 1940, mempunyai hasil yang sama. Tugas pertahanan udara tidak berubah pada tingkat strategi medan perang dan tak ada bedanya, baik dalam tingkat taktis ataupun operasional. Hal ini karena dengan atau

tanpa deteksi radar pesawat musuh, misi pesawat tempur itu sendiri, manuver tempur alami serta kerjasama skuadron dan regu semuanya sama persis. Pesawat tempur Royal Air Force tidak harus berpatroli untuk mencari penyelundup, karena mereka bisa dikirim dimana pun dan kapan pun saat dibutuhkan berdasarkan informasi radar. Pesawat dapat tetap tinggal di darat hingga mereka di kirim menuju sasaran, berdasarkan informasi radar di ruang pelacakan radar, Komando Pesawat Tempur. Seperti halnya jumlah musketeer Perancis yang lebih efektif dengan bayonet, kesiagaan pesawat tempur

Dalam pemikiran kita tentang strategi, gelombang maju-mundurnya suatu aksi dan reaksi pada satu tingkat dapat mengganggu tingkat di atas dan dibawahnya, pada kegagalan dan keberhasilan yang ekstrim pula.

Inggris untuk terbang menangkap musuh juga meningkat karena penggunaan radar yang efek teknisnya menjangkau hingga tingkat strategi utama dengan maksimal. Lalu bagaimana dengan ketidakharmonisan?. Kita telah menghadapi bentuknya yang sederhana dan konklusif yaitu kesuksesan pada satu tingkat, ditiadakan seluruhnya pada tingkat berikutnya. Ketika senjata benarbenar baru, peniadaan semacam itu tidaklah aneh. Inovasi teknis dan organisasi yang mengubah hasil pada tingkat berbeda didorong oleh impuls yang berbeda dan ini cukup mudah bagi berlangsungnya perselisihan fatal diantara keduanya. Sebagai contoh, kendaraan udara kemudi jarak jauh atau kendaraan udara tak berawak untuk penelitian overhead diperkenalkan pertama kali oleh Israel pada 1970an dan secara luas digunakan pada Perang Lebanon 1982. Akan tetapi karena kendaraan ini tidak termasuk dalam daftar pembentukan kekuatan angkatan darat (bukan tank atau senjata) dan dilihat sebagai saingan oleh angkatan udara (mereka dapat mengganti pesawat pengintai berawak), maka tak ada antusiasme besar untuk memakai inovasi itu. Angkatan bersenjata AS pun hanya mengoperasikannya dalam jumlah sangat sedikit pada Perang Teluk dan bahkan pada Perang Kosovo. Sebagian besar peralatan itu juga diimpor dari Israel. Kemampuan untuk memonitor kekuatan musuh secara terus menerus mempunyai implikasi revolusioner, baik secara taktis maupun operasional. Meski biaya inovasi ini sedang dan tak ada ekspose kecelakaan akan tetapi tak satupun keuntungan itu dapat mengatasi birokrasi rumit untuk pengadaan peralatan baru yang tidak sesuai dengan permintaan barang yang sudah ditetapkan. Secara normal, efek ketidakharmonisan lebih tidak kentara dan lebih terukur dengan tidak adanya peniadaan mutlak tetapi justru dengan interpenetrasi kegagalan dan keberhasilan yang kompleks.< Januari 2007 < DEFENDER <35


36 < DEFENDER < Januari 2007


Operasi rahasia adalah aksi militer atau politik yang dilakukan secara rahasia untuk melanggar aturan tertentu atau berkompromi terhadap kebijakan di negara lain.

0

perasi rahasia yang dilakukan dalam situasi operasi terbuka melawan sebuah target akan membahayakan keberhasilan operasi tersebut. Dalam hal musuh, kemungkinan ada isuisu berkaitan dengan kekuatan militer, perjanjian, peraturan, prinsip moral atau keengganan terhadap atensi negatif suatu media. Operasi dapat ditujukan langsung pada sekutu dan teman untuk mengamankan dukungan mereka atau untuk mempengaruhi kebijakan mereka dalam melawan musuh. Operasi rahasia berbeda dengan spionase karena operasi rahasia lebih menekankan pada usaha untuk mempengaruhi suatu kejadian di negara lain dibandingkan dengan mengumpulkan informasi tentang kejadian tersebut. Organisasi khusus dalam operasi rahasia yang terkenal saat ini antara lain Central Intelligence Agency dan Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Pentagon). Akan tetapi, operasi rahasia juga telah dilakukan oleh beberapa negara, peme-rintahan negara bagian dan organisasi lain dengan atau tanpa agen intelijen resmi. Mereka merupakan komponen kebijakan asing yang didirikan dan selalu kontroversial di seluruh dunia. Aparat/agen penegak hukum juga menggunakan operasi rahasia untuk menyusup ke dalam organisasi kriminal.

BENTUK OPERASI RAHASIA

Operasi rahasia memiliki bentuk yang berbeda tergantung dari keadaan ketika operasi rahasia dilakukan. Bentuk operasi rahasia, antara lain pelaksanaan wajib militer yang merupakan pelatihan, dukungan atau himbauan pasukan militer di negara lain. Ada juga subversi politik yang menyatakan dukungan atau nasehat sebuah kelompok politik di negara lain atau mengarahkan propaganda pada pendukungnya. Selain itu ada operasi disinformasi yaitu sebuah pemerintahan menyediakan salinan dokumen kepada pemerintah lain untuk membelokkan pemerintahan tersebut melawan musuh. Beberapa operasi rahasia yang paling kontroversial adalah operasi rahasia yang langsung ditujukan untuk perorangan seperti penculikan, pembunuhan, dan penggulingan pemerintahan. Taktik umum dalam operasi rahasia adalah terus membangun organisasi atau bisnis terdepan dengan agen yang dapat menjalankan tugas dengan rahasia.

CONTOH OPERASI RAHASIA “STUDIES AND OBSERVATION GROUP” (1964-1972) Operasi militer melawan Vietnam Utara yang dipimpin oleh Kelompok Operasi Khusus milik Pentagon dengan nama samaran “Studies and Observation Group” dari 1964 hingga 1972. Merupakan operasi rahasia paling besar dan kompleks semenjak PD II dan melibatkan pembunuhan mata-mata, peperangan psikologis, manipulasi POW Vietnam Utara dan penculikan, trik-trik kotor, perintah penyerangan dan operasi terhadap Ho Chi Minh. OPERATION WRATH OF GOD Pembunuhan orang Palestina yang mengatur pembunuhan atlet Israel pada Olimpiade 1972 di Munich Jerman oleh Mossad. COINTELPRO (AKHIR 1960-AN - PERTENGAHAN 1970-AN) Operasi ini merupakan program FBI untuk menyusup dan memecahbelah kelompok politik sayap kiri lokal selama Perang Dingin (Cold War). IRAN CONTRA (1980AN) Iran Contra merupakan peristiwa di Nicaragua yang juga dikenal dengan Iran-gate, dimana CIA, McFarlane dan Poindexter membantu Dewan Kemanan Nasional dalam memperbanyak dana pribadi dan asing. Persenjataan militer dijual kepada Contras untuk dua insentif utama yaitu pertama, membantu Contras melawan pemerintah Sandanista di Nicaragua dan menggunakan keuntungannya untuk mendanai pertukaran 66 sandera dari Kedubes AS di Iran; kedua, mencegah kemajuan komunis.<

“Target operasi ini selalu ilegal dan kemungkinan juga bisa melanggar peraturan lokal” Air America, perusahaan penerbangan milik CIA yang menyediakan pejuang Hmong di Laos selama Perang Indochina II, merupakan contoh organisasi terdepan dalam operasi rahasia.

SERIAL TELEVISI Dalam kebudayaan modern, operasi rahasia sering kali dijadikan sebagai tema untuk novel, film, komik maupun film seri TV terkenal. Contoh film seri TV yang bertajuk operasi rahasia antara lain : - Spy - Mission Impossible, 1963-1966, 19881990 - 24 - Alias, 2001-2006 - Nikita, 1997-2001 Januari 2007 < DEFENDER <37


I I I S R E T S A M E B O L G 7 C1

38 < DEFENDER < Januari 2007


S P O O R T C I G E T A R T S D I T RAP F A R C R I A DELIVERY

Januari 2007 < DEFENDER <39


Boeing C-17 Globe Master III (sebelumnya McDonnel Douglas) merupakan pengangkut strategis yang diproduksi oleh Sistem Pertahanan Terintegrasi Boeing, dan pesawat pengangkut ini dijalankan oleh beberapa Angkatan Udara antara lain Angkatan Udara Amerika Serikat, Angkatan Udara Kerajaan Inggris dan Angkatan Udara Kerajaan Australia. Dan kedepanya beberapa pesawat telah dipesan oleh Angkatan Bersenjata Canada yang rencananya diserahkan pada tahun 2008. NATO sebagai organisasi keamanan juga berencana untuk memesan pesawat pengangkut ini 40 < DEFENDER < Januari 2007

MISSION C-17 Globemasters III itu sendiri merupakan pesawat pengangkut cargo terbaru yang masuk kedalam jajaran Angkatan Bersenjata Amerika dan Angkatan bersenjata Negara barat lainya. Pesawat ini mempunyai kemampuan sebagai pengangkut cepat strategis untuk pasukan bersenjata dan muatan (cargo) lainya yang berhubungan dengan segala bentuk kegiatan kemiliteran dan sesuai dengan pengembangan pesawat ini. Pesawat ini juga mampu melakunan pengangkutan taktis dan misi penerjunan apabila dibutuhkan, dan juga sama halnya dengan evakuasi pengobatan udara. Sifat dasar dan kemampuan C-17 ini dituntut peningkatan kemampuan secara total dalam sistem pengangkutan udaranya untuk memenuhi kebutuhan mobilitas udara secara global bagi kepentingan Amerika Serikat. Sudah merupakan ukuran efektivitas dalam sistem pengangkutan udara yaitu ke-

mampuannya untuk dengan cepat bertindak dalam mendukung efektifitas suatu kekuatan pertempuran hingga ke area yang berpotensi peperangan. Baru-baru ini saja peningkatan dari kapasitas dan pertumbuhan akan persenjataan dan peralatan perang tumbuh dengan besarnya, yang mana secara signifikan akan meningkatnya kebutuhan mobilitas udara juga, yang paling utama sekali dalam area bemuatan besar. Dan hasilnya, pesawat terbang sistem pengangkutan udara yang lebih fleksibel dan lebih baru seperti C-17 sangat diperlukan untuk potensi pengangkutan kontingen persenjataan, pasukan perdamaian ataupun misi kemanusiaan lainya diseluruh dunia.

HISTORY Pada tahun 1970, pihak Angkatan Udara Amerika (USAF) mulai mencari pengganti dari pesawat pengangkut taktis C130 Hercules. Lalu dibukalah tender untuk pengadaan


Pengangkutan Medium STOL tingkat Lanjut (Advance Medium STOL Transtort), dimana pada saat itu pabrikan Boeing memberikan proposal pesawat YC-14 sementara pabrikan McDonell Douglas memberikan proposal pesawat YC-15. Di karenakan kedua peserta tersebut mempunyai kemampuan untuk mengadakan pesawat melebihi dari kebutuhan yang ditetapkan, maka tender AMST ini kemudian batalkan sebelum penerima tender itu dipilih. Dan diawal 1980, pihak USAF menemukan solusinya, yaitu dengan armada pengangkut yang sangat besar dan tua C-141 Starlifters. Namun beberapa C-141 memiliki permasalahan struktural yang sangat besar sebagai kegunaanya. Masalah lainya, pihak USAF tidak pernah sejarahnya memilikai sistem pengangkutan udara strategis yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sistem pengangkutan udaranya. Sebagai tindak lanjut ini, pabrikan McDonell Douglas terpilih untuk mendevelop pesawat baru dengan menggunakan basis dari prototip pesawat YC-15. Mcdonnell Douglas yang pada saat itu memenangkan kontrak untuk membangun pesawat terbang, mengusulkan C-17A Globemaster III sebagai lanjutanya dan usul tersebut diberikan pada tanggal 28 Agustus 1981. Yang membedakan pesawat baru ini dari yang sebelumnya adalah mempunyai sayap yang lebar, ukuranya yang besar, dan mesin yang lebih bertenaga lagi. Ini akan memperbolehkanya untuk melaksanakan semua pekerjaan yang dilakukan oleh C141, dan juga untuk memenuhi sebagian dari tugas-tugas C-5 Galaksi, sedemikian rupa sehingga armada C-5 akan dibebaskan tugasnya dari pengangkutan muatan yang lebih besar. Pengembangan berlanjut hingga Desember 1985 dari kontrak produksi masal yang telah ditandatangani. Penerbangan perdananya dilakukan pada 15 September

1991 dari pabrik Mcdonnell-Douglas di pantai barat LogBeach, California. Pesawat terbang ini (T-1) dan lebih dari lima model pesawat yang produksi (P1-P5) ikut serta dalam percobaan uji terbang yang panjang dan dievaluasi pada pangkalan udara Edwards. Skwadron C-17 yang pertama telah diumumkan penggunaan operasionalnya oleh U.S. Angkatan Udara pada bulan Januari 1995. Dua tahun kemudiannya Mcdonnell Douglas bergabung (merger) dengan pesaing terdahulunya yaitu pabrikan Boeing. Pada tanggal 18 Agustus 2006, Boeing berencan mengumumkan kepada para suplier untuk memberhentikan produksi suku cadang dikarenakan ketidakjelasan pihak pemerintah Amerika dalam program pen-

gadaan C-17. Hal ini merupakan tindakan awal untuk menutup produksi apabila tidak ada pemesanan pesawat baru yang dipesan oleh Pemerintah AS. Dan satu bulan di kemudian yaitu pada tanggal 21 September, Dewan Senat menyetuji anggaran pertahanan untuk tahun 2007 sebesar US$447 milyar, anggaran tersebut meliputi pengadaan 10 armada C-17 tambahan sebesar $ 2.1 milyar dimana persetujuan sebelumnya hanya penambahan 7 armada saja menurut versi pendanaan yang berbeda. Bagaimanapun ini akan memperpanjang program hingga 1 tahun sampai 2010. Sejak 6 Oktober 2006, para pejabat Boeing belum pernah mengeluarkan kebijakan untuk pemberhentian kepada seluruh supliernya. Januari 2007 < DEFENDER <41


Keputusan untuk penambahan beberapa pesawat C-17 ini merupakan buah hasil dari lobi-lobi yang dilakukan oleh kantor pusat Boeing di Chicago, para politikus dari California yangmana merupakan pusat proyek pesawat itu sendiri, dan dari Missouri dimana basis bisnis pertahanan Boeing berada. Produksi C-17A direncanakan berakhir hingga 2009 kecuali jika Boeing menerima pememesan pada waktu yang bersamaan dengan proses pengerjaan yang berjalan. Jika tidak ada halangan pabrikan Boeing akan memulai produksi varian terbaru dari Globemasters yaitu C-17B di tahun 2010. Varian terbaru ini dibuat dengan kemampuan yang lebih baik lagi seperti pendaratan pada areal berpasir atau pantai dan area-area yang tidak bisa dilalui oleh C-17A.

2.800 nautical miles (5.200 km) untuk sisa unit pesawat yang ada, dimana untuk unit terakhir ini dilengkapi tangki bahan bakar tambahan tepat ditengah diantara dua sayapnya. Unit terbaru ini merupakan varian C-17 ER, dimana mempunyai kecepatan 450 knots (833 km/h) atau setara dengan kecepatan 0.74 Mach. Pesawat C-17 ini dengan kemampuan angkutnya dibuat untuk dapat mengangkut 102 pasukan penerjun beserta perlengkapanya. C-17 ini didisain untuk

FEATURES Pesawat C-17 ini diperkuat oleh empat mesin Fully Reversible F117 PW-100 Turbo Fan (Pihak Departemen Pertahanan AS berencana untuk menggunakan mesin Pratt and Whitney PW2040 yang diigunakan pesawat komersial Boeing 757). Setiap mesin memiliki kekuatan dorong sebesar 40.400 lbs (180 kN). Mesin pendorong berkerja menginduksi uadar yang masuk dari atas dan depan. Kemampuan ini juga memudahkan pembuangan sari tempelan objek asing (Foreign Object Derbis/FOD) seperti halnya kemampuan akan dukungan pesawat terbang lainya. Biasanya mesin pendorong C-17 dapat juga digunakan sebagai daya dorong balik dalam penerbangan untuk menambah tenaga maksmimum dalam proses pendaratan Pesawat terbang ini dioperasikan minimal oleh tiga awak kabin (pilot, pembantu pilot, dan loadmaster). Muatan yang akan dimasukan ke C-17 dapat melalui pintu besar yang terdapat pada buritan pesawat, dimana melalui pintu ini dapat dimasukan secara diorong kedalam maupun diangkut oleh alat angkut kedalam pesawat ini. Lantai pada tempat muatan ini mempunyai roda dan dapat diturunkan sehingga dapat dengan 42 < DEFENDER < Januari 2007

mudah memasukan muatan kedalamnya. Salah satu angkutan yang paling besar yang pernah dibawa kedalam pesawat ini adalah tank tempur utama M1 Abrahams dengan berat kebih dari 70 ton. Kapasitas angkut maksimum pesawat C-17 ini adalah 170.900 lbs (77.500 Kg), dan berat kotor pada waktu lepas landasnya adalah 585.000 lbs (265.350 kg). Dengan berat angkut 160.000 lbs (72.600 kg) dan ketinggian jelajah 28.000 kaki (8.500 m), C-17 mempunyai daya jelajah sejauh 2.400 nautical miles (4.400 km) tanpa mengisi bahan bakar untuk 71 unit awalnya, dan

dapat mengguna-kan area landasan pandek hingga 3000 ft (900 m) dan sempit hingga 90 ft (27 m). Sebagai tambahan, C-17 dapat beroperasi ke luar dari landasan terbang yang tidak beraspal ( walaupun ini adalah jarang dilaksanakan dalam kaitan dengan kemungkinan kerusakan yang akan dialami pesawat terbang). Mesin pembalik daya dorong dapat digunakan untuk maju dan mundur dalam landasan parkir (taxi runway) yang sempit dengan menggunakan 3 langkah manuver (bahkan beberapa kasus dengan banyak langkah manuver).<


C17 GLOBEMASTERS III

GENERAL CHARACTERISTICS

CREW 3 Kru Kabin 2 pilots, 1 loadmaster CAPACITY 102 pasukan atau 36 litter dan 54 ambulatory patients DAYA ANGKUT 170,900 lb (77,500 kg) of cargo distributed at max over 18 463L master pallets or a mix of palletized cargo and vehicles DIMMENSION Panjang: 174 ft (53 m) Rentang Sayap: 169.8 ft (51.75 m) Tinggi: 55.1 ft (16.8 m) Lebar Sayap: 3,800 ft² (353 m²) Berat Kososng: 277,000 lb (kg) Berat Maks Penerbangan: 585,000 lb (265,500 kg)

MESIN 4× Pratt & Whitney F117-PW-100 turbofans, 40,440 lbf (180 kN) each

KEMAMPUAN Kecepatan Maksimum: 450 knots (520 mph, 830 km/h) Kecepatan Jelajah: 390 knots (450 mph, 720 km/h) Jarak Jelajah: 2,400 nm (2,800 mi, 4,400 km) Luas Muatan: 45,000 ft (13,700 m) Max wing loading: 150 lb/ft² (750 kg/m²) Minimum thrust/weight: 0.277

Januari 2007 < DEFENDER <43


KARTIKA

YUDHA 2006 44 < DEFENDER < Januari 2007


Januari 2007 < DEFENDER <45


Wilayah RI di Cibenda, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat diduduki musuh. TNI pun tidak tinggal diam. Operasi militer untuk mengambil alih wilayah dan menyelamatkan sandera pun segera dilakukan. Perang di daerah perbukitan itu pun akhirnya pecah. 46 < DEFENDER < Januari 2007

I

tulah skenario latihan puncak TNI AD Kartika Yudha 2006 yang digelar di Desa Cibenda, Kabupaten Sukabumi, Jabar, suatu areal latihan milik Kostrad seluas 680 hektar dengan ketinggian 105 meter di atas permukaan air laut. â&#x20AC;&#x153;Perangâ&#x20AC;? yang berlangsung sejak 27 Nopember 2006 dan berakhir 6 Desember 2006 itu diikuti sekitar 4.000 prajurit TNI AD dari jajaran Kodam III/ Siliwangi, Kostrad, Kopassus, Penerbangan TNI AD (Penerbad), Artileri Medan (Armed) dan Artileri Pertahanan Udara (Arhanud), Kavaleri serta Polisi Militer TNI AD (Pomad) itu, menampilkan operasi militer berupa penyerbuan prajurit angkatan darat terhadap tentara

asing yang menduduki RI di Gunung Jambe dan Gunung Putri. Strategi yang dimainkan adalah dengan menerjunkan pasukan Yonif Linud 330/Tri Dharma Kostrad, yang diterbangkan dengan tiga pesawat Hercules TNI AU dari Lanud Husein Sastranegara, Bandung. Sebelumnya, pasukan Artileri Pertahanan Udara (Arhanud) TNI AD melakukan sera-ngan ke daerah musuh dengan menembakkan meriam kaliber 23 mm. Penembakan juga dilakukan oleh OV-10 Bronco, Helikopter Bolco dan dua pesawat MI35P dengan tembakan-tembakan roket. Sementara itu, serangan dari darat dilakukan oleh Pasukan Yonif 301 yang dibantu beberapa tank AMX yang dimiliki satuan Kavaleri.


Latihan tentang penanggulangan serangan tentara negara lain ini menggambarkan bahwa tiga divisi tentara asing masuk ke Tanah Air. Sebanyak dua divisi di antaranya masuk ke Sumatera, Sulawesi serta Jakarta, sedangkan satu divisi lainnya masuk ke Jawa Barat dan satu batalyon di antaranya masuk ke Pelabuhan Ratu, Sukabumi. (Satu

divisi terdiri dari tiga brigade, satu brigade terdiri atas tiga batalyon, dan satu batalyon mencakup sekitar 700 prajurit). Setelah mengetahui masuknya tentara asing, Panglima TNI memerintahkan Kodam III/Siliwangi mengusir mereka dari kawasan Sukabumi dengan mengirim Batalyon Infanteri 301 dan 315 serta Kopassus. Terlebih, pasukan asing tersebut telah menculik beberapa pemimpin nasional. Untuk menghalau musuh, Penerbangan TNI AD (Penerbad) mengerahkan empat helikopter serbu serta beberapa pesawat OV-Bronco. Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang hadir meninjau jalannya latihan, pada Rabu (6/12) pagi, tampak antusias menyaksikan simulasi yang digelar di perbukitan itu. Apalagi saat pasukan Lintasan Udara (Linud) 330 Kujang I/Kostrad beraksi. Beberapa kali SBY berdiri dari kursi dan melihat melalui teropong yang dibawanya. Sesekali SBY juga memotret adegan seru dalam perang-perangan itu. Wajar saja, SBY masuk dalam satuan itu lebih dari 10 tahun. Presiden SBY yang terlihat gagah dengan pakaian setelan safari krem dan baret hijau Kostrad, datang meninjau latihan Januari 2007 < DEFENDER <47


didampingi Panglima TNI Marsekal TNI Djoko Suyanto, Kasad Jenderal TNI Djoko Santoso, Pangkostrad Letjen TNI Erwin Soedjono, Dankodiklat TNI AD Letjen TNI Cornel Simbolon dan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Sriyanto. Selain mereka, hadir Menko Polhukam Widodo A.S., Menristek Kusmayanto Kadiman, Menkominfo Sofyan Djalil, Seskab Sudi Silalahi, Kapolri Jenderal Pol Sutanto, serta Kepala BIN Syamsir Siregar. Beberapa anggota DPR seperti Yorris Rawayei dan Ali Mochtar Ngabalin juga hadir mengenakan jaket loreng TNI-AD. Setelah tiga jam menyaksikan latihan tempur, SBY meninjau pasukan di sebuah bukit di lereng Gunung Jambe. Di atas

48 < DEFENDER < Januari 2007

truk yang disulap menjadi panggung, SBY memberikan arahan kepada 400-an prajurit. Sebelumnya, SBY menyaksikan pembuatan jembatan bailey dan jembatan darurat bersistem knocked down yang bisa dilalui kendaraan perang TNI. Kepada para prajurit, usai latihan, Presiden mengingatkan agar mereka menjadi anggota TNI yang ditakuti lawan, disegani kawan, namun dicintai rakyat. Menurut Presiden, prajurit TNI telah terlatih dengan baik, sehingga tidak boleh cengeng dalam mempertahankan keutuhan dan kedaulatan Negara Kesautuan Republik Indonesia (NKRI). “Prajurit jangan cengeng. Jangan minta negara. Tunjukkan dengan

prestasi dan mental yang baik. Nanti negara akan perhatikan kesejahteraan,” tegasnya. Presiden juga mengatakan bahwa tugas utama dari lima tugas terpenting prajurit TNI adalah kemampuan untuk siap bertempur di manapun dan kapanpun juga. Pilar kedua adalah persenjataan yang memadai. “Kemampuan persenjataan dan peralatan tempur, perlu ditingatkan,” kata Kepala Negara. Ketiga faktor lainnya adalah peningkatan kesejahteraan, personel yang siap dikerahkan ke manapun juga serta kepemimpinan yang baik. “Saya minta TNI mengembangkan lima pilar tersebut,” ucap SBY. Tidak hanya itu, kepada para prajurit yang mengikuti latihan Kartika Yudha tahun 2006 ini, Presiden menyatakan rasa puasnya, karena mereka telah memperlihatkan hasil yang maksimal, walaupun latihan tempur berbagai kesatuan ini belum merupakan latihan gabungan (matra TNI). TNI harus siap untuk mempertahankan NKRI. Latihan bukan untuk perang. Bila tidak ada cara lain, perang adalah cara terakhir. Bila mengadopsi ancaman, bersama-sama kita mencari solusi bagaimana menghadapi ancaman tersebut. “Terus berlatih, ditakuti lawan dan disegani kawan. Lebih baik mandi keringat saat berlatih, daripada mandi darah saat pe-rang,” pesan SBY, yang kemudian meminta prajurit bernyanyi bersama dengan penuh semangat. Para prajurit pun kompak mengumandangkan “Mars Kartika Eka Paksi” dan “Selamat Datang Pahlawan Muda” sambil bertepuk tangan.<


â&#x20AC;&#x153;Latihan ini dimaksudkan untuk menguji kemampuan para prajurit TNI AD setelah mereka melakukan latihan di satuan masing-masingâ&#x20AC;?

Januari 2007 < DEFENDER <49


ArmyLifestyle

â&#x20AC;&#x153;Kami ingin melindungi, memberi rasa damai, masa depan yang positif dan menjanjikan untuk generasi muda â&#x20AC;&#x153;

N

ama Bikers Brotherhhood yang dipakai sampai sekarang pada awalnya dicetuskan oleh Brother Bebeng (Beny), pada 13 Juni 1988, di kediaman Brother Erwin, Jl. Diponegoro no. 2 Bandung. Tempat mereka berkumpul pertama yaitu di Jalan Tubagus Ismail. Pada awal pendiriannya, Bikers Brotherhood memiliki beberapa rules yang dijadikan sebagai pegangan atau aturan yang tertulis ataupun tidak tertulis, yang berlandaskan asas persaudaraan Bikers Brotherhood. Didirikan oleh masyarakat yang sangat peduli akan sebuah lingkungan yang mendambakan kebebasan, persaudaraan, kebersamaan yang transparan tanpa harus melihat dari mana keluarga, siapa atau status so50 < DEFENDER < Januari 2007


sial, pendidikan dan sebagainya. Kebersamaan dari pengendara motor menjadi identitas Bikers Brotherhood yang utama, sambil menanamkan rasa cinta kepada para pendahulu mereka dan pada motor tua yang mempunyai nilai sejarah. Bikers Brotherhood adalah sub kultur yang mendambakan custom, lifestyle dan interaksi yang fleksibel. Bikers Brother-

hood merupakan dua kata dalam suatu kesatuan kalimat yang mengandung satu makna mendalam dan tidak dapat dipisah-pisahkan antara kata “Bikers” dan “Brotherhood”. Setiap pesonel perkumpulan motor tua ini memiliki backpatch atau colors yang

harus selalu dipakai, dengan arti lambang : - Tengkorak melambangkan sifat persaudaraan yang tidak mengenal waktu. - Pita melambangkan ikatan persaudaraan. - Helm/pelindung kepala melambangkan sarana pelengkap hobby bermotor. - Goggles/ kaca mata melambangkan kesamaan pandangan dan tujuan - Kunci inggris melambangkan fleksibilitas dalam strata dan status - Palu melambangkan pekerja keras Old Brother,1%er, Diponegoro, Ancestor, nenek moyang, super senior, pioneer, dewan suro, Kokolot, karuhun adalah “saudara” Bikers Brotherhhood dan akan selalu selamanya sebagai saudara.<

Januari 2007 < DEFENDER <51


ArmyLifestyle

FILM

GAME

Flags of Our Father

Company of Heroes

Sutradara: Clint Eastwood Pemain: Ryan Philippe (John ‘Doc’ Bradley), Jesse Bradford (Rene Gagnon), Adam Beach (Ira Hayes)

Publisher: THQ Developer: Relic Genre: Strategy

Film ini berkisah saat Perang Dunia II, Februari 1945 di Front Pasifik. Fokusnya adalah pengibaran bendera Amerika Serikat oleh enam anggota Korps Marinir di Pulau Iwo Jima-satu peristiwa yang menjadi ikon sejarah Perang Dunia II. Hal yang disorot dalam film ini tentang tiga orang yang dianggap “mengibarkan” bendera “kemenangan” itu, sementara tiga rekan mereka gugur di medan perang tersebut. Klimaks film ini adalah adanya pertentangan batin dalam diri ketiga orang tersebut yaitu mereka merasa tidak layak menjadi pahlawan dan simbol kemenangan karena sebenarnya mereka bukanlah yang pertama kali mengibarkan bendera di Iwo Jima. Walaupun begitu, tetap saja orang di Amerika Serikat menganggap mereka sebagai pahlawan di Iwo Jima. Bagi para penikmat film drama sejarah, film ini cukup enak dinikmati karena tidak hanya menyuguhkan adegan-adegan perang saja tapi juga mengangkat sisi kemanusiaan yang terjadi dalam perang tersebut. Film ini dibuat berdasarkan buku dengan judul sama; yang ditulis oleh James Bradley dan Ron Powers. James Bradley sendiri adalah anak dari John Bradley, salah satu tokoh dalam film ini-seorang veteran Perang Dunia II di Front Pasifik.<

Game strategi untuk computer/PS2 ini berlatar belakang Perang Dunia II saat Pasukan Sekutu menggelar Operation Overlord untuk membebaskan Perancis dari Pasukan Jerman. Dalam game ini kita tidak hanya bisa memainkan tokoh komandan Pasukan Sekutu saja, tapi juga sebagai komandan Pasukan Jerman pada multi player mode yang bisa dimainkan sampai delapan orang sekaligus. Unsur detail sangat diperhatikan dalam game ini, bagaimana kilatan peluru dalam adegan tembak menembak terlihat nyata termasuk saat dalam keadaan berkabut. Kita juga dapat merasakan atmosfir perang antar pasukan infanteri maupun dengan kendaraan tempur seperti tank. Dengan tampilan yang fenomenal, fasilitas serta alur skenario yang tersedia; game ini bisa memuaskan para penggemar game strategi khususnya strategi perang. Namun untuk diperhatikan dalam memainkan game ini perlu penyesuaian Hardware dari perangkat komputer anda, karena untuk berjalan dengan baik game ini membutuhkan minimum komputer dengan spesifikasi prosesor Inte/AMD dengan kecepatan 2.0Ghz keatas, Ram 512 MB keatas, Kartugrafis mendukung full 3D dengan memory 128 MB keatas dan kapasitas ruang data 2 GB.<

52 < DEFENDER < Januari 2007

BUKU

Flags of Our Father oleh James Bradley, Ron Powers Publisher: Bantam (May 2, 2000) ISBN: 0553111337

Dari enam anggota Korps Marinir yang mengibarkan bendera Amerika Serikat di Pulau Iwo Jima, Februari 1945 salah satunya adalah John Bradley. Walaupun karena pengibaran bendera tersebut John Bradley dianggap sebagai pahlawan, dia tidak pernah membicarakan peristiwa tersebut kepada anggota keluarganya. Sampai satu saat setelah John Bradley wafat pada usia 70 tahun, keluarganya menemukan sebuah foto dan surat dalam kotak tertutup. Tentu saja foto tentang peristiwa pengibaran bendera di Iwo Jima. Kemudian James Bradley, anak laki-laki John Bradley menelusuri peristiwa dalam foto tersebut dan kehidupan masa lalu ayahnya. Yang menarik adalah diceritakan bagaimana konflik dalam batin ketiga orang ini setelah perang berakhir karena mereka dianggap menjadi pahlawan dan simbol kemenangan Amerika Serikat di Front Pasifik. Mereka merasa tidak layak menerima anggapan sebagai pahlawan. John Bradley di akhir hayatnya sempat berkata kepada John Bradley, “The real heroes of Iwo Jima were the guys who didn’t come back” . Maksudnya mereka yang berada di foto bukanlah pahlawan di Iwo Jima, pahlawan yang sebenarnya adalah yang gugur di pertempuran itu. Buku yang bercerita tentang pe-ngalaman seseorang dalam perang dan tentang arti kepahlawanan yang sebenarnya ini memberi warna berbeda karena ditulis berdasarkan hasil penelusuran anak dari salah satu pelaku peristiwa perang tersebut.<


BULAN JANUARI 2007

ASTROLOGI berpikirlah positif dan dan memulai sesuatu yang berbeda. Sebuah mimpi yang anda yang tertunda akan menjadi kenyataan dalam bulan ini. Jadi jangan biarkan orang lain menggangu pikiran anda bahkan mengatur kehidupan anda.

TAURUS PANGLIMA BESAR TNI Jenderal Sudiman 24 Januari 1916

CAPRICORN Desember 21- Januari 18 Pada bulan ini anda dapat lebih mengatur hubungan jangka panjang dan komitmen emosional ada yang lebih dalam. Jika anda memusatkan pada lingkungan sekitar anda, maka anda dapat menjangkau sesuatu yang lebih menjamin atau mengamankan posisi anda, jadi berpikirlah apa-apa yang anda inginkan dari orang lain dan bersiap-siap mendapatkan balasanya.

AQUARIUS 19 Januari- 17 Pebruari Penekanan tahun ini adalah pada kehidupan sosial anda. Dengan optimis anda akan dapat menjalin hubungan baru dan menemui orang-orang yang sependirian dengan anda. Anda akan memperoleh suatu pemahaman yang baik dengan orang tercinta, namun tetap memerlukan ruang antara satu dengan lainnya. Tujuan pribadi anda ada dalam jangkauan, jadi tentukanlah pikirkan anda di bulan berikutnya.

PISCES Pebruari 18- Maret 19 Semua usaha yang anda punyai dalam proyek baru akan menuai hasil tahun ini. Anda dapat menanggalkan keraguan akan uang di belakang anda. Anda akan direkomendasikan seseorang untuk posisi yang penting. Hubungan erat anda dengan yang dicintai akan lebih stabil, jadi berkomitmenlah.

ARIES Maret 20- April 18 Pada bulan ini anda akan terbantu dalam menghadapi segala persoalan. Karier anda akan memasuki tahapan yang baru, maka

April 19- Mei 19 Jalan keluar yang terbaik bagi hubungan anda sepenuhnya tergantung dari anda sendiri, jadi carilah solusinya dan abaikan masukan yang tidak membantu anda. Dengan keberuntungan anda maka anda dapat menguasai keadaan. Tetapi jauh dibawah sana anda harus memberikan sedikit kebebasan akan hubungan dekat anda, khususnya di awal tahun ini.

GEMINI Mei 20- Juni 20 Kehidupan asmara anda kelihatanya berbunga-bunga dimasa akan datang, jadi tinggalkan kesalah pahaman dan lakukan pendekatan yang posituf. Bagaimanapun bulan ini bukan waktu yang tepat untuk membebani dengan pikiran yang berat. Jika anda santai dan pasrah akan nasib anda, masalah baru akan terselesaikan dengan sendirinya.

CANCER Juni 21- Juli 21 Kelihatanya mendapatkan hasil yang baik bagi pekerjaan anda tidaklah mudah belakangan ini, bagaimanapun nanpinya akan membaik. Keterlambatan keberhasilan ini mungkin akan menguntungkan buat anda, jadi tetaplah pada haluan anda dan coba terima bantuan dari seseorang yang tidak anda harapkan. itu akan menempatkan anda pada posisi yang lebih baik di bulan berikutnya.

LEO Juli 22- Agustus 22 Apa yang anda bangun sekarang akan terus ada sampai nanti, jadi konsentrasilah pada pencapaian tujuan anda tahun ini. Jika anda tekun, anda akan dapat juga memecahkan suatu dilema atau masalah terbaru yang berhubungan dengan rumah tangga anda. Sesuatu yang lebih menantang dan emosional akan anda hadapi,maka lebih terbuka lah bagi segala kemungkinan untuk

perubahan sekitar anda. Seseorang yang mempunyai hubungan dengan anda akan kelitahan berbeda dari biasanya.

VIRGO Agustus 23- September 21 Berkonsentrasilah dalam mengatur kehidupan anda sehingga anda akan mendapatkan kebebasan untuk melakukan kegiatan di bulan berikutnya. Mencapai suatu pengertian yang lebih baik dengan orang terdekat anda akan lebih mudah. Janganlah minder dengan diri sendiri atau membiarkan orang lain menentukan pilihan yang terbaik buat anda sendiri. Hanya anda yang tahu apa yang terbaik dan yang anda butuhkan sebenarnya.

LIBRA September 22- Oktober 22 Seseorang anda temui bisa membuka jalan yang tak diduga dan membantua anda untuk melihat suatu masalah secara perspektif. Pentingnya keterbukaan untuk persahabatan yang baru dan gagasan baru harus betulbetul ditekankan, jadi bebaskan diri anda dari permasalahan yang ada, ambilah resiko dan buat sesuatu yang baru. Hubungan erat anda akan menjadi lebih stabil. Terimalah bantuan seseorang yang menawarkan bantuanya.

SCORPIO Oktober 23- November 21 Keberuntungan akan datang dan keuangan anda akan membaik, maka teruslah berambisi dan tetap pada pendirian anda. Ini merupakan kesempatan yang baik untuk meletakan posisi kita menjadi lebih aman. pada bulan ini hubungan anda akan lebih baik secara emosional, suatu persahabatan baru bisa mengambil pusat perhatian anda.

SAGITTARIUS November 22- Desember 20 Tahun ini anda insting yang mendalam dalam penentuan pencapaian suatu ambisi baru. Ini waktunya untuk segea mengambil keputusan,persiapkanlah rencana baru yang positif dan laksanakanlah. Kehidupan percintaanmu akan lebih membaik pada bulan ini. Jangan membuat suatu keputusan yang tidak populer pada masalah karier anda atau abaikan saja nasihat orang terdekat anda. Januari 2007 < DEFENDER <53


54 < DEFENDER < Januari 2007


NEWS TEKNOLOGI NUKLIR DAPAT DIAKSES PARA TERORIS

D

ampak dari jual-beli teknologi nuklir di pasar gelap Rusia mengancam keamanan dunia internasional. Setelah kematian mantan agen rahasia Rusia, Alexander Litvinenko akibat diracun dengan polonium-210 muncul rumor siapa sebenarnya yang berada dibalik pembunuhan itu dan muncul pula isu jual-beli teknologi nuklir di pasar gelap Rusia. Dari data yang dihimpun oleh Universitas Stanford, antara tahun 1991-2002 diperkirakan 40 kilogram hulu ledak uranium dan plutonium dicuri dari fasilitas pengembangan teknologi nuklir di Rusia. Kemudian Badan Energi Atom Internasional (International Atomic Energy Agency) juga melaporkan adanya pencurian plutonium di Rusia. Harian The Observer juga melakukan investigasi tentang kemungkinan lemahnya penjagaan keamanan di fasilitas

pengembangan teknologi nuklir di Rusia sehingga material radioaktif seperti uranium dan plutonium menjadi sasaran pencurian terutama oleh para teroris. Harian The Observer menulis, secara global selama empat tahun terakhir telah terjadi lebih dari 300 kasus jualbeli material radioaktif di pasar gelap Rusia. Dan pada tahun 2005 terjadi 103 kasus trafficking material radioaktif dan aktifitas lain terkait jual-beli teknologi nuklir di pasar gelap Rusia. Dengan mempertimbangkan potensi teror akibat jual-beli teknologi nuklir di pasar gelap Rusia, banyak negara yang mulai mengkhawatirkan keselamatan penduduknya dari serangan teroris. Ancaman ini diakibatkan lemahnya sistem keamanan terhadap fasilitas pengembangan teknologi nuklir di negara-negara yang mempunyai fasilitas tersebut, terutama di Rusia sehingga teknologi nuklir dan bahan radioaktif menjadi sasaran pencurian teroris. Saat ini Amerika Serikat, Inggris dan Israel juga mewaspadai aktifitas golongan radikal Islam Timur Tengah dalam teknologi nuklir yang berpotensi mengancam keamanan dunia internasional. Yang paling dicurigai adalah kelompok Al-Qaeda pimpinan Osama bin Laden. Sumber dari intelejen AS menyatakan, pada bulan November 2006 Pemerintah AS telah menutup sebuah situs internet yang berisi petunjuk bagaimana membuat bom atom. Karena dikhawatirkan informasi yang berada di dalam situs tersebut disalahgunakan oleh teroris untuk mengembangkan teknologi nuklir sebagai senjata pembunuh massal.<

Vol 2 - JANUARI 2007

KASAD RESMIKAN LAPANGAN DAN PATUNG SUDIRMAN Kodam IV/Diponegoro saat ini memiliki lapangan untuk defile, upacara dan berbagai kegiatan lain di di Ambarawa, Kabupaten Semarang. Lapangan senilai Rp 5,9 miliar itu diresmikan Kasad, Jenderal TNI Djoko Santoso, Rabu (13/12) sore. Selain itu, Kasad yang didampingi Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Agus Soeyitno, Gubernur Jateng Mardiyanto, Kapolda Jateng Irjen Pol Dody Sumantyawan HS dan sejumlah pejabat Mabes TNI, juga meresmikan patung Jenderal Sudirman yang berada di lapangan tersebut. Dalam sambutannya, Kasad menyatakan, peresmian lapangan dan patung Jenderal Sudirman dimaksudkan untuk membina prajurit sekaligus mengenang sejarah, terutama terjadinya Palagan Ambarawa (perang di Ambawara). â&#x20AC;&#x153;Dengan lapangan dan patung ini, diharapkan semangat dan jiwa pahlawan yang telah merebut kemerdekaan dapat diteruskan generasi sekarang,â&#x20AC;? katanya. Anggaran pembuatan lapangan, antara lain diperoleh dari pemerintah pusat dalam pos Program TNI AD sebesar Rp 3,9 miliar, bantuan Pemprov Jateng (Rp 400 juta), Pemkab Semarang (Rp 600 juta) dan Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang (Rp 50 juta). Patung sebagian besar bahannya dari perunggu itu dirancang I Nyoman Mustafa dengan tinggi 7 meter, dudukan 5 meter dan altar berbentuk segi lima. Di belakang patung dipahat sebuah relief yang mengisahkan Palagan Ambarawa.< Januari 2007 < DEFENDER <55


KASAD BANTU KORBAN BANJIR Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Djoko Santoso memberikan bantuan kepada korban bencana alam banjir di Kabupaten Aceh Tamiang dan Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut), Selasa (26/12). Bantuan itu diberikan kepada para korban di Desa Bukit Tinggi, Kecamatan Manyak Payed Tualang Cut, dan Desa Paya Bedi, Kecamatan Kr Baru, Kabupaten Aceh Tamiang, yang merupakan wilayah Korem 011/LW, Kodam Iskandar Muda. Selain memberikan bantuan di dua desa di Aceh Tamiang, Kasad juga menyalurkan bantuan kemanusiaan di beberapa daerah yang berada di wilayah Korem 022/PT, Kodam I Bukit Barisan, Sumatera Utara. Bantuan kemanusiaan yang disalurkan itu terdiri atas, makanan sebanyak 1000 set, tenda keluarga 200 set, selimut 500 buah, kaos 500 buah dan uang Rp50 juta serta bantuan dari Ketua Umum Pimpinan Pusat Persit Kartika Chandra Kirana berupa mie instan 8.800 bungkus, biskuit 835 kaleng dan sarung 450 buah. Pada kesempatan yang sama â&#x20AC;&#x153;Paguyuban Sekata Dalam Nestapaâ&#x20AC;? memberikan bantuan berupa mie instan 350 dus, biskuit 100 kaleng, susu balita 500 dus, susu dewasa 500 dus, pembalut wanita 60 dus, pampers balita 60 dus, pakaian anak-anak umur 2-6 tahun 300 potong, pakaian anak 6-12 tahun 350 potong, pakaian kaos pria dewasa 270 potong dan kaos wanita dewasa 100 potong. Selain bantuan berupa makanan, pakaian, tenda dan perlengkapan lainnya, juga diberikan uang sebanyak Rp100 juta di Aceh Timur dan Rp100 juta di Aceh Tamiang, yang diterima oleh Bupati Aceh Timur Ir Azwar AB. Adapun di Langkat, selain barang dan perlengkapan lainnya, juga bantuan uang Rp100 juta, yang diserahkan oleh bendahara Paguyuban Sekata Dalam Nestapa, Lolita. Kasad Djoko Santoso mengatakan, bantuan ini merupakan wujud kepedulian TNI Angkatan Darat terhadap masyarakat yang sedang terkena musibah bencana alam. Kasad mengharapkan, bantuan ini bermanfaat dalam meringankan para korban bencana banjir.<

56 < DEFENDER < Januari 2007

K

ontingen Tim Lomba Tembak TNI AD berkekuatan 59 orang berhasil meraih gelar juara umum pada ajang Lomba Menembak antar Angkatan Darat se ASEAN (AARM) ke-16 tahun 2006 yang diselenggarakan di Mieu Mon, Hanoi, Vietnam, Kontingen TNI AD meraih 18 medali emas, tujuh perak, enam perunggu, dan tujuh trophy, disusul kontingen tuan rumah Vietnam dengan perolehan medali emas empat, tujuh perak, tujuh perunggu, dan satu trophy. Thailand empat emas, tujuh perak, enam perunggu. Singapura, empat emas, lima perak, enam perunggu, dua trophy. Malaysia, satu emas, satu perak, dan lima perunggu. Sedangkan Brunei Darussalam, Myanmar, Kamboja dan Laos tidak mendapatkan medali. Kegiatan lomba menembak antar Angkatan Darat bagi negara-negara anggota ASEAN tersebut merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan secara bergilir dalam rangka meningkatkan hubungan kerja sama dan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit Angkatan Darat di kawasan ASEAN, pada tahun 2006 ini diselenggarakan di Hanoi Vietnam. Materi yang dilombakan pada AARM yang dibuka 1 Desember dan dihadiri Kasad Jenderal TNI Djoko Santoso, meliputi Rifle Match, Carabine Match, Pistol Match (pria), Pistol Match

(wanita), dan Machine gun match. Kontingen TNI AD berangkat ke Hanoi Vietnam menggunakan Hercules C-130 dari Halim Perdanakusuma 25 November 2006 dan kembali ke Indonesia 9 Desember 2006. Setiba di tanah air, setelah melaporkan hasil yang didapat kepada Kasad, selanjutnya pada Senin (11/12) petang, 59 atlet TNI AD yang telah mengikuti lomba menembak AARM di Vietnam tersebut diterima Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, yang didampingi Ibu Negara, di Istana Negara, Jakarta. Presiden atas nama negara dan pemerintah, mengungkapkan rasa bangganya serta memberikan ucapan selamat kepada para atlet yang telah mengharumkan nama bangsa di forum internasional, dengan merebut juara pertama di ASEAN Army Rifle Match (AARM) ke-16 Dalam laporannya, Komandan Kontingen Letkol Inf. I Nyoman Santiasa, menjelaskan bahwa kontingen Indonesia meraih urutan pertama dalam perolehan medali dan trofi, kemudian disusul oleh Filipina serta Singapura. Indonesia mampu memenangkan 24 emas, 10 perak, serta 9 perunggu, dan juga 9 trofi untuk menembak kategori senapan, karaben, pistol putra, pistol putri, serta senjata otomatis. â&#x20AC;&#x153;Perolehan 9 trofi didapat dari juara umum tim senapan, juara umum tim karaben, juara umum tim pistol putra, juara umum tim pistol putri, tim senapan otomatis, perorangan

TNI AD JUARA UMUM LOMBA TEMBAK AARM DI HANOI VIETNAM


KASAD: TERUS TINGKATKAN KUALITAS PRAJURIT INFANTERI

pistol putera, juara umum plat baja tim karaben, plat baja tim pistol putera serta juara umum tim pistol puteri,” kata I Nyoman Santiasa. Sebelum memberikan sambutan, Presiden SBY menyematkan Satya Lencana Pembangunan serta memberikan piagam tanda kehormatan kepada Direktur Utama PT. Pindad, Budi Santoso, karena PT. Pindad dianggap telah mampu mendesain dan memproduksi senapan serbu SS-1 dan SS-2 yang digunakan para atlet. Kualitasnya terbukti handal, unggul dan tidak kalah dengan kualitas senapan-senapan sejenis. “Salah satu ukuran sebuah bangsa, dipandang sebagai bangsa terhormat adalah memiliki prestasi di bidang olahraga yang baik dan tinggi, terlebih kalau

prestasi di bidang olahraga itu dapat ditampilkan pada forum internasional,” kata Presiden SBY. Ditambahkan, prestasi di bidang olahraga yang baik dan tampil pada tingkat dunia, ikut meningkatkan citra dan nama baik bangsa Indonesia. “Untuk menuju prestasi semacam ini tidaklah mudah. Kalian harus berlatih dengan tekun, semangat, dengan penuh kedisiplinan untuk mengangkat harkat, martabat dan nama baik. Bukan hanya TNI, tapi bangsa dan negara kita,” pesan Presiden. Turut hadir dalam acara yang diadakan di Istana Negara tersebut antara lain Menhan Juwono Sudarsono, Panglima TNI Marsekal TNI Djoko Suyanto, Kasad Jenderal TNI Djoko Santoso, Kasau Marsekal TNI Herman Prayitno, Seskab Sudi Silalahi serta dua juru bicara kepresidenan, Andi A. Mallarangeng dan Dino Patti Djalal. Di akhir acara, Presiden SBY beramah tamah dengan para peserta yang hadir dan juga sempat melihat trofitrofi yang telah dimenangkan oleh para peserta lomba tembak. Presiden SBY juga sempat melihat beberapa senapan SS-1 dan SS-2 hasil karya PT. Pindad.<

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Djoko Santoso mengatakan, prajurit infanteri sebagai tulang punggung jajaran TNI AD dituntut untuk selalu kreatif dan inovatif dengan terus meningkatkan kualitas dan profesionalisme. “Aktualisasikan makna yudha wastu pramuka atau menjadi prajurit terdepan dalam setiap pertempuran,” kata Kasad, dalam amanatnya ketika menjadi inspektur upacara peringatan Hari Infanteri 2006, Selasa (19/12), di Alun-Alun Utara Yogyakarta. Upacara diikuti 3.000 personel dari berbagai satuan TNI AD seperti Grup II Kopasus, Yonif 400/Raider Kodam IV/Diponegoro, Yonif 412/Raider Divif 2 Kostrad, Yonif 408/Suhdrasta Surakarta dan Yonif 411/Kostrad Salatiga serta Drumband Canka Lokananta Akademi Militer (Akmil) Megalang. Hadir pula sejumlah pejabat TNI AD dan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. Dalam amanatnya, Kasad mengingatkan kembali bahwa prajurit infanteri merupakan pilar penyangga utama keberhasilan pelaksanaan tugas pokok TNI AD, karena itu momentum Hari Infanteri ini hendaknya digunakan sebagai pedoman mengevaluasi berbagai keberhasilan dan kelemahan di masa lalu, untuk meningkatkan mutu dan hasil pelaksanaan tugas di masa mendatang. “Selain itu jadikan momentum peringatan Hari Infanteri untuk memantapkan pembinaan korps serta memperkokoh kecintaan dan kebangsaan terhadap jati diri prajurit infanteri yang memiliki nilai kejuangan dan tradisi korps yang membanggakan,” kata Kasad. Namun, menurut Kasad keberhasilan korps infanteri mempersembahkan darma bakti dalam setiap penugasan, baik di dalam maupun luar negeri, tidak terlepas dari pengorbanan sesepuh atau pendahulu yang telah berjuang memberikan karya terbaiknya. “Pada peringatan Hari Infanteri ini kita mengenang perjuangan Panglima Besar Jenderal Sudirman yang berjuang gigih mengusir penjajah Belanda dengan cara bergerilya, meski dalam keadaan sakit dan ditandu,” kata Kasad. Upacara peringatan Hari Infanteri yang berlangsung di Alun-Alun Utara Yogyakarta itu juga diwarnai dengan defile dari setiap satuan TNI AD peserta upacara.< Januari 2007 < DEFENDER <57


R

Rusia telah memperluas sistem satelit navigasi globalnya ( Glonass) dengan tiga satelit, kantor berita RIA-NOVOSTI melaporkan dan mengutip penyataan juru bicara untuk Agen Ruang Angkasa Rusia (Roscosmos). sebuah roket Proton-K membawa tiga satelit Glonass-M yang dimodernisasi telah meluncur pada jam 23:18 waktu Moscow (8:18 p.m. GMT) pada hari Senin dari pusat ruang angkasa Baikonur di Kazakhstan. Satelit memasuki garis peredarnya lebih awal dari hari Selasa yang telah ditentukan. Glonass, yaitu Versi Rusianya dari Sistem Posisi Global ( GPS) Amerika, dirancang untuk keperluan tujuan militer dan kegunaan sipil, sistem ini memung-

A

TK telah menerima dua kontrak senilai hampir $ 14 juta untuk membuat motor roket dan hulu ledak pelontar misil HELLFIRE II. Kedua kontrak dikeluarkan oleh Lockheed Martin, kontraktor utama Hellfire. ATK akan membuat kira-kira 2,800 motor roket dan 1,500 pengisian penambahan metal ( MAC) hulu ledak yang pengerjaanya dilakukan di fasilitas pabriknya di Pusat Roket, Virginia Barat. Motor roket dan hulu ledak itu nantinya akan digunakan oleh pasukan bersenjata Amerika dan beberapa negara sekutunya. ATK memulai produksi motor roketnya pada Agustus 2006 dan akan melakukan penyerahan pada bulan

Rusia Meluncurkan Tiga Satelit untuk Sistem Posisi Globalnya kinkan untuk mengidentifikasi posisi secara langsung (real time). Kemampuanya juga dapat digunakan sebagai pencarian yang berhubungan dengan geologi. Pada bulan Desember 2005 Presiden Vladimir Putin memerintahkan agar sistem ini dapat berjalan pada 2008 dan pada bulan Maret Menteri Pertahanan Sergei Ivanov berkata Glonass akan beroperasi kegunaanya untuk konsumen domestik ataupun militer dan juga untuk warganegara sampai akhir 2007. Pemimpin Roscosmos Anatoly Perminov mengatakan sebelumnya bahwa Rusia telah melakukan pembicaraan dengan Amerika Serikat dan Agen Ruang Angkasa Eropa untuk mempersiapkan persetujuan atas penggunaan Glonass bersama-sama dengan GPS

dan Sistem Navigasi Satelit Galileo. Agensi ini merencanakan untuk mempunyai 18 satelit mengorbit paling lambat akhir 2007 atau awal 2008, mengorbit penuh sebanyak 24 satelit pada akhir 2009, katanya. Modifikasi kedepanya,adala Glonass-K, yang seluruhnya merupakan model terbaru yang berdasarkan pada suatu platform yang tidak bertekanan, yang sudah merupakan standar dari versi sebelumnya, Express-1000. Diperkirakan Glonass-K pengoperasianya akan ditingkatkan untuk 10-12 tahun mendatang dan sepertiga “satelit sipil” Frekwensi L-Range telah ditambahkan. Uji pada Glonass-K Satelit dijadwalkan untuk 2007, seperti yang diutarakan kantor berita RIA-NOVOSTI.<

Januari, 2007. Produksi hulu ledak MAC untuk AGM-114N HELLFIRE telah dimulai pada bulan Mei yang lampau ini. Penyerahan Awal mulai pada bulan September 2006. Model N HELLFIRE telah terbukti sangat efektif dalam melawan musuh pada struktur yang tertutup, dengan kerusakan yang minimal. “Kemampuan yang baik dari motor ATK merupakan suatu unsur kritis di dalam suksesnya misi HELLFIRE,” seperti yang dikatakan Ken Musculus, direktur program Air-to-Ground Missile System ( AGMS) pada pengontrol senjata dan misil Lockheed Martin. “Pelanggan kami telah mengakatan bahwa HELLFIRE mempunyai tingkat

kesuksesan misi 100% lebih dari 70 peluncuran dalam Tall’Afar, Iraq, dari pemberontak pada bulan September 2005, dan hal ini merupakan pemegang peranan penting dalam Operasi Pemulihan Pemerintahan.” ATK telah menghasilkanlebih dari 35,000 motor HELLFIRE sejak diproduksi mulai tahun 1987. Sebagai tambahan, ATK juga membuat hulu ledak yang menggunakan tembaga sebagai senjata anti tank (HEAT) HELL FIRE AGM-114K, dan juga 1,000 hulu ledak MAC untuk AGM-114N. HELLFIRE dapat diluncurkan dari beberapa pesawat terbang bermesin rotary, Angkutan otomatis tak berawa, penggunaan tripod, Angkutan mobilitas tinggi (HUMVEES) dan dengan perahu.<

Penggempur HELLFIRE diproduksi oleh ATK Teknologi 58 < DEFENDER < Januari 2007


EDISI JANUARI 2006

EDISI FEBRUARI 2006

EDISI JULI 2006

EDISI AGUSTUS 2006

EDISI MARET 2006

EDISI SEPTEMBER 2006

EDISI APRIL 2006

EDISI OKTOBER 2006

EDISI MEI 2006

EDISI NOPEMBER 2006

EDISI JUNI 2006

EDISI DESEMBER 2006

Formulir ini dapat di Fotocopy

Saya ingin

Berlangganan

Memesan

Untuk pemesanan dan berlangganan harap dikirimkan kepada nama yang tertera dibawah ini Nama

:

Pekerjaan

:

Alamat Kirim : Kode Pos : Telp/Fax :

Hp :

Untuk pemesanan edisi lalu harap dikirim edisi

banyaknya

Tersedia edisi Desember 2005 s/d Oktober 2006, Nama bulan edisi mohon disingkat; exp : Desember - Des, Oktober- okt, untuk info silahkan hubungi contact person kami

Paket Berlangganan :

12 bulan (12 edisi) : Rp. 200.000 Catatan: Luar Jabodetabek ditambah ongkos kirim Tersedia edisi Desember 2005 s/d Oktober 2006

Pilihan Cara Pembayaran (Pilih Salah Satu) : Via Transfer melalui BCA No. Rek : 602-0199898 a.n. Hendrik Gary Lyanto Bukti Transfer fax ke : (021) 5596 4437 Tunai ke PT. Strata Pesan Cakti di Jl, Pantai Indah Selaan I Blok GA No- 6-7 Pantai Indah Kapuk - Jakarta Utara

Contact Person : Untuk Informasi Majalah dan pemesanan, hubungi Aryo Priyo Hutomo (Aryo) Telp. (021) 588 3079 Telp. (021) 70669554

Januari 2007 < DEFENDER <59


MilitaryJokes

“Dari mana lagi kami mendapatkan pendanaan untuk perang “

APA YANG RANGERS PIKIR TENTANG MARINES

THE POWER OF SERGEANTS

Seorang anak lelaki kecil sedang berdiri di muka cermin dalam kamar mandi di Airport Jhon F Kennedy, ketika ia berjalan ia berpapasan dengan prajurit Marine berpangkat sersan dengan pakaian birunya. Anak laki-laki itu mendekati prajurit Marine tersebut dan berkata, “ Wow! apakah om prajurit Marinir” Prajurit itupun menjawab, “ Ya aku prajurit marinir anak muda, mengapa. Apakah kamu mau memakai topiku?” “Wah.. aku mau!!!,” kata anak laki-laki itu. Ia mengambil topinya dan kemudian memakainya sambil memuji dirinya sendiri didepan kaca. Pada saat ia masih bercermin, masuklah seseorang dari balik pintu. Orang ini bukanlah orang biasa, orang ini ternyata seorang pasukan Penerjun Rangers. Lalu anak kecil itu mulai mendekati prajurit Rangers tersebut, dan ia terperanga melihat betapa banyaknya tanda jasa yang digunakan prajurit itu di dadanya. Akhirnya dengan napas dalam ia mulai bertanya “Permisi Pak, apakah bapak seorang prajurit Penerjun Rangers?” Prajurit Rangers itu pun menjawab “Ya.. Benar!!!, apakah kau mau mengilapkan sepatu boots saya nak?” lalu anak kecil itu tersenyum dan menjawab “Oh tidak tuan!!, saya bukan anggota Marines, saya hanya menggunakan topinya saja!”<

Sebelas orang prajurit bergantungan di tali dibawah helicopter pada saat penyelamatan pada ketinggian yang cukup tinggi. 10 diantaranya adalah pejabat angkatan udara dan satunya lagi hanya seorang prajurit angkatan darat yang berpangkat sersan. Karena tali tersebut tidak kuat menahan 11 orang sekaligus, maka mereka memutuskan siapa salah satunya berkorban untuk melepaskan dirinya dari tali demi keselamatan lainya. Tapi mereka tidak dapat menentukan siapa yang harus berkorban dan saling menunjukan satu sama lainya sehingga kekuatan tali tidak akan lama lagi menahan mereka. Akhirnya prajurit angkatan darat itu pun mulai berkata, “ya sudah lah bapak-bapak biar saya saja yang lepas dari tali ini, apalah artinya saya, saya hanya selalu melayani pejabat-pejabat seperti bapak, selalu meninggalkan keluarga kami, tidak pernah berharap mendapatkan apa yang harus kami dapatkan di pekerjaan kami, dan yang paling utama kami selalu berdiri di depan saat peperangan” Ketika prajurit itu selesai akan pidatonya para pejabat itu pun mulai bertepuk tangan karena bangga. Lalu jatuhlah mereka meninggalkan prajurit sersan itu.<

60 < DEFENDER < Januari 2007

Moral dari cerita ini : jangan anggap remeh keberadaan prajurit sersan


Januari 2007 < DEFENDER <61


62 < DEFENDER < Januari 2007


Januari 2007 < DEFENDER <63


64 < DEFENDER < Januari 2007


Januari 2007 < DEFENDER <65


66 < DEFENDER < Januari 2007


Majalah Defender Edisi 15