Page 1

TETI

dalam

Berita

Juli-Oktober 2017 Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada

1


DAFTAR ISI DTETI Menyapa...............3 Fokus.............................4 Agenda DTETI.................6 Prestasi Mahasiswa........15 Kegiatan Alumni.............18

Kantor Bagian Karir dan Alumni Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi

email : alumniteti.ft@ugm.ac.id website : jteti.ugm.ac.id/alumni/

Facebook : Alumni DTETI UGM

2


DTETI Menyapa

H

alo Alumni Teknik Elektro dan Teknologi Infrmasi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada. Puji Syukur Kehadirat Tuhan Yang Maha Esa sehingga bulletin alumni TETI dengan tajuk TETI Dalam Berita Edisi I ini dapat diterbitkan. Banyak sekali tentunya perkembangan yang sudah terjadi di Universitas Gadjah Mada pada umumnya dan di Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi pada khususnya. Seiring dengan berjalannya waktu tentunya Departemen berusaha untuk menjadi semakin baik untuk melahirkan lulusan-lulusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi yang lebih berkompeten dan nantinya dapat sukses meniti karir. ertengahan Tahun 2017 Departemen kembali menerima mahasiswa-mahasiswa baru yang akan menempuh pendidikan di Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Universitas Gadjah Mada. Selain itu juga saat ini Departemen mulai meningkatkan fokus tidak hanya dalam pengembangan hard skill mahasiswa tetapi juga pengembangan soft skill mahasiswa melalui program-program pengembangan soft skill dalam kurikulumnya. Dalam program tersebut Departemen juga ingin melibatkan alumni yang sudah sukses berkiprah di karirnya masing-masing seperti dengan menghadirkan pembicara dari alumni dan kedepannya diharapkan dapat membuat suatu sistem dimana alumni dapat menjadi mentor untuk mahasiswa dalam rangka mempersiapkan mahasiswa untuk memasuki dunia kerja. Peran dari alumni tentunya sangat penting dalam hal peningkatan kompetensi lulusan TETI dan kemajuan Departemen untuk kedepannya. Semoga kedepan alumni kebanggaan DTETI dapat sukses dan berkiprah di bidangnya masing-masing dalam bersama-sama membangun Departemen, Universitas, Bangsa dan Negara menuju ke arah yang lebih baik lagi. ada edisi pertama bulletin TETI Dalam Berita ini akan mengupas seputar kondisi Departemen saat ini, kegiatan yang ada di Departemen, beberapa prestasi mahasiswa serta kegiatan alumni. Pembuatan bulletin ini tentunya tidak terlepas dari peran alumni oleh karena itu kami menerima masukan berupa saran dan kritik untuk kedepannya atau juga dapat menyumbangkan konten materi yang akan dikupas dalam bulletin seanjutnya. Terima kasih dan SALAM SUKSES PARA ALUMNI !!

P

P

3


FOKUS DEPARTEMEN TEKNIK ELEKTRO DAN TEKNOLOGI INFORMASI UGM

4


AGENDA DTETI

Penyambutan Mahasiswa Baru Info Day dan Pertemuan Orang Tua Wali Pada hari Jum'at 3 Agustus 2017 di Ruang Sidang E6 Departemen telah diadakan Info Day untuk menyambut dan mensosialisasikan segala hal yang berkaitan dengan dunia perkuliahan, bagi mahasiswa baru TE dan TI angkatan 2017. Acara dimulai pada pukul 07.00 diawali dengan sambutan oleh Ketua Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi yaitu Bapak Sarjiya, S.T., M.T., Ph.D. dan sambutan ketua TLS Hampir 160 mahasiswa mendengarkan pembicara dengan hikmat. Materi pertama yang disampaikan adalah perihal informasi kurikulum yang digunakan di DTETI yang disampaikan oleh Bapak Eka Firmansyah, S.T., M.Eng., Ph.D.. Setelah itu dilanjutkan dengan perkenalan dosen dan tenaga kependidikan di DTETI. Tidak kalah penting dari materi sebelumnya acara dilanjutkan dengan penjelasan akademik dan kemahasiswaan oleh Bapak Adha Imam Cahyadi, S.T., M.Eng., D.Eng. Acara kemudian dilanjutkan dengan penjelasan dari Bapak Kaprodi Teknik Elektro : Bapak Adha Imam Cahyadi, S.T., M.Eng.,D.Eng.dan Bapak Kaprodi Teknologi informasi, Dr. Ridi Ferdiana, S.T., M.T. Beliau menjelaskan dengan detail penggunaan palawa yang akan sangat menunjang akademik mahasiswa. Informasi tentang sarana dan prasana yang disediakan oleh DTETI disampaikan oleh Bapak Addin Suwastono, S.T., M.Eng. dan Bapak Lesnanto Multa Putranto, S.T., M.Eng., Ph.D. kemudian dilanjutkan penjelasan tata cara surat menyurat terkait akademik dan peminjaman ruang oleh Bapak Maryadi, selaku tenaga pendidik DTETI bagian kemahasiswaan. Setelah itu, dilanjutkan dengan acara selanjutnya yakni menampilkan video terkait fasilitas dan birokrasi surat menyurat di DTETI dan penugasan terkait kegiatan TETI Lab Skill 2017.

5


AGENDA DTETI Setelah pelaksanaan info day, pada tanggal 07 Agustus 2017 DTETI juga mengadakan pertemuan dengan para orang tua dan wali mahasiswa baru teknik elektro dan teknologi informasi UGM. Dalam acara yang berlangsung di ruang sidang E6 Departemen tersebut pelaksanaannya hampir sama dengan info day yang telah dilaksanakan sebelumnya yaitu diisi dengan sambutan juga perkenalan pengelola departemen dan perwakilan dosen yang disampaikan oleh Ketua Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi yaitu Bapak Sarjiya, ST., MT., Ph.D.. Acara kemudian dilanjutkan dengan perkenalan karyawan dan tenaga kependidikan DTETI yang disampaikan oleh Ibu Nuraini Puspita Dewi selaku Koordinator Akademik DTETI.

Pada kesempatan yang sama juga dilakukan sambutan dan perkenalan dari orang tua dan wali mahasiswa baru DTETI UGM yang diwakili oleh salah satu perwakilan orang tua mahasiswa. Setelah acara sambutan dan perkenalan kemudian dari pengurus DTETI menyampaikan informasi singkat mengenai gambaran kelangsungan perkuliahan di DTETI serta kurikulum yang disampaikan oleh Bapak Eka Firmansyah, S.T., M. Eng., Ph.D. Selain itu juga diberikan penjelasan dari kepala program studi di DTETI, Bapak Kaprodi Teknik Elektro : Bapak Adha Imam Cahyadi, S.T., M.Eng.,D.Eng.dan Bapak Kaprodi Teknologi informasi, Dr. Ridi Ferdiana, S.T., M.T.. dan Informasi tentang sarana dan prasana yang disediakan oleh DTETI yang disampaikan oleh Bapak Addin Suwastono, S.T., M.Eng.

6


AGENDA DTETI

TETI LAB SKILL Program pendidikan soft skills merupakan salah satu hal yang penting untuk diberikan kepada para mahasiswa. Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi memberikan pendidikan tersebut melalui beberapa program dan salah satunya adalah program Teti Lab Skills (TLS) kepada para mahasiswa baru. TLS untuk minggu pertama dilaksanakan pada Hari Selasa (22/08/17). Materi pada minggu pertama adalah tentang etika berlalu lintas dan etika berkomunikasi di sosial media serta sharing dari perwakilan mahasiswa berprestasi. TETI Lab Skill minggu kedua diadakan pada hari Selasa (29/08/2017)dengan agenda perkenalan laboratorium yang ada di DTETI serta penjelasan jalur evakuasi dan simulasi cara melalui jalur evakuasi ketika terjadi bencana.

TETI LAB SKILL Selasa (05/09/17) dilaksanakan TETI Lab Skill minggu ketiga dengan agenda pengenalan dari beberapa organisasi mahasiswa yaitu dari NL, Feedback, Al-Hanaan, pengenalan dari SKK DTETI, materi mengenai riset, riset group, publikasi, dan plagiarism, serta pengenalan kembali beberapa organisasi kepada mahasiswa yaitu EEIC, Magatrika, dan Telecommers.

7


AGENDA DTETI TETI Lab Skill minggu keempat diisi dengan materi terkait pengembangan soft skill dengan topik proses perubahan. Materi disampaikan oleh Bapak Ahmad Yuniarto, Beliau adalah mantan President Director Schlumberger OilďŹ eld Services Indonesia dan juga merupakan salah satu alumni Teknik Elektro UGM tahun 1986. Dalam penjelasannya, Bapak Ahmad Yuniarto menunjukkan kepada mahasiswa mengenai beberapa fase dalam proses perubahan dan titik akhir dalam proses perubahan tersebut atau capaian yang akan diraih dari proses perubahan tersebut.

TETI LAB SKILL

Mentoring Workshop Training Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi mengadakan acara workshop training kepada mahasiswa calon mentor pada hari Sabtu (09/0917).Melalui program ini mahasiswa angkatan 2017 nantinya akan memiliki kakak angkatan yang terdiri dari mahasiswa angkatan 2015 dan 2016 sebagai pendamping atau mentor. Training bagi mahasiswa calon mentor tersebut diisi oleh Bapak Nurhadi yang saat ini menjabat sebagai Direktur Engineering Career Center (ECC) UGM dan Bapak Deka Isnadi yang saat ini menjabat sebagai Head Dept. Marketing Communication Department di ECC UGM. Sebanyak 21 orang calon mentor mengikuti training sebagai bekal awal mereka untuk mempersiapkan diri menjadi mentor untuk para mahasiswa baru angkatan 2017. Melalui program ini diharapkan nantinya mahasiswa baru dapat memperoleh arahan supaya dapat menempuh studi dengan baik dan lancar.

8


AGENDA DTETI

Kuliah Tamu dan Studium Generale Kuliah Tamu Integration of Large Scale Intermittent Renewable Energy and Managing Uncertaities of the Future Grid oleh Dr. Jay Giri - US

Pada hari Senin, 07 Agustus 2017 telah berlangsung kuliah umum dengan materi Integration of Large Scale Intermittent Renewable Energy and Managing Uncertaities of the Future Grid oleh Dr. Jay Giri, PhD IEEE Fellow, (Director of Power System Technology and Strategic Initiatives GE Grid Software Solutions Redmond Washington, USA).Acara kuliah umum tersebut dihadiri oleh sekitar 30 orang peserta. Materi yang disampaikan oleh Dr. Jay Giri diantaranya adalah mengenai : 1. Sejarah dan evolusi Energy Management System (EMS) dari asal usul digitalnya di tahun 1970an. Fungsi utama modem EMS dan munculnya beberapa industri baru serta munculnya tren teknologi baru. 2. Dampak pertumbuhan microgrids, energi terbarukan dan generasi terdistribusi pada EMS. Pertumbuhan unit pengukuran phasor dan pengukuran synchrophasor di seluruh dunia. 3. Pemantauan area yang luas dan solusi untuk memanage area yang luas menggunakan modem EMS yang dapat memanage perangkat jaringan dengan cepat. 4. Menyimpulkan pemikiran tentang tantangan dan peluang untuk mengelola jaringan di masa depan.

9


AGENDA DTETI

Kuliah Tamu Student Innovation for Global Health Technology oleh Prof. Ying Chau

Senin (28/08/17) Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi UGM mengadakan kuliah umum dengan tema Innovation for global health technology. Kuliah umum kali ini menghadirkan seorang pembicara dari Hong Kong University of Science and Technology yaitu Prof. Ying CHAU. Beliau adalah Associate Professor/Founder and Director of SIGHT, Departement of Chemical and Biological Engineering di Hong Kong University of Science and Technology . Prof. Ying CHAU juga merupakan pendiri lab bernama Ying Chau’s Lab yang fokus pada penelitian seputar drug delivery dan biomaterials. Kuliah umum yang diadakan di ruang sidang lantai 3 DTETI tersebut dimulai pada pukul 09.30 WIB dan dihadiri oleh sekitar 20 peserta. Pada kesempatan tersebut Prof. Ying CHAU mengawali kuliah umum dengan memaparkan sedikit mengenai proďŹ l Beliau dan background pendidikan serta penelitianpenelitian yang pernah dilakukan. Kemudian kuliah dilanjutkan dengan penyampaian materi yang berkaitan dengan Innovation for Global Health technology diantaranya mengenai drug delivery, biomaterials, design of ex vivo experiments, enhancement found for all sizes and maximized at lowest frequency, ultrasound effect of sclera, ultrasound enhance transport, cavitation, maximum enhancement by ultrasound, feasibility and safely of low frequency.

10


AGENDA DTETI

Kuliah Tamu Biomedical Engineering : Motivation & Introduction to Biomagnetism

Kamis (28/09/17) telah berlangsung kuliah tamu bertema Guest Lecture Biomedical Engineering : Motivation & Introduction to Biomagnetism yang disampaikan oleh Prof. Hannes Nowak dari University of Jena, Jerman. Beliau Prof. Hannes Nowak adalah ahli di bidang biomagnetism. Kuliah dilaksanakan di Ruang Sidang Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi dan dihadiri oleh sekitar 55 peserta. Prof. Hannes Nowak dalam kuliah kali ini menyampaikan mengenai biomagnetism dengan diawali penjelasan tentang teori dan motivasi awal untuk mengenal biomagnetism serta mengenai sejarah penerapan biomagnetism diantaranya di bidang kesehatan pada dental technology dan EEG. Teori lain yang dijelaskan pada kesempatan tersebut mengenai biomagnetism adalah genesis of bioelectromagnetic ďŹ elds, pengukuran medan biomagnetik, dan lokalisasi sumber berdasarkan EEG MEG.

11


AGENDA DTETI

Studium Generale

K

uliah Studium generale merupakan salah salah satu agenda rutin yang dilaksanakan oleh Departemen Teknik Elektro dan Te k n o l o g i I n f o r m a s i U G M d a l a m r a n g k a pengembangan soft skill mahasiswa sebagai bekal untuk menghadapi dunia kerja nantinya. Kuliah tersebut wajib diikuti oleh mahasiswa yang sedang menempuh kuliah di tahun kedua atau pada semester 3. Topik-topik yang disampaikan diantaranya : 1. Self Assesment 2. Change Management’ 3. Written Communication 4. Ethics, integrity, and Profesionalism 5. Leadership 6. Negotiation Skill 7. Cultural Diversity and multicultural adaption 8. Communication and Presentation Skill 9. Working a Team 10. Vision, Perspective, and Big Picture 11. Decision Making eberapa topik telah disampaikan pada agenda kuliah studium generale yang sudah dilaksanakan. Studium generale yang pertama untuk periode ini dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 2017 dengan topik self assesment dan menghadirkan pembicara yaitu Gita Aulia Nurani, M.Psi., Psikolog. Beliau adalah seorang psikolog, counselor, dan saat ini menduduki posisi sebagai people development manager di Engineering Career Center (ECC UGM). Kuliah bertajuk self assesment tersebut diisi dengan materi mengenai learning style assessment atau mengenal gaya belajar dengan metode penilaian Visual, Auditory, dan Kinestethic (VAK) juga penyampaian materi passion assesment. Studium Generale sesi kedua dilaksanakan pada tanggal 25 Agustus 2017. Kuliah yang disampaikan oleh Bapak Muhammad Nur Rizal, S.T., M.Eng., Ph.D membahas topik Change Management dengan fokus bahasan pada bonus dan bencana demograďŹ .

B

12

Beliau adalah salah satu dosen di DTETI UGM selain itu Beliau juga dikenal sebagai sosok pemerhati pendidikan dasar dan menjadi penggagas sebuah gerakan bernama gerakan sekolah menyenangkan. Pada kesempatan kuliah tersebut beliau mengangkat sebuah judul yaitu Young Leader in Digital Era.


AGENDA DTETI

Studium Generale

S

tudium Generale sesi ketiga menghadirkan beebrapa pembicara dari alumni TETI yang sudah lama berkiprah di dunia kerja diantaranya pada sesi ketiga SG dengan topik Change Management diisi oleh Bapak Yulianta S.T., M.T.I. yang merupakan alumni teknik elektro angkatan 1994 yang sekarang bekerja di Otoritas Jasa Keuangan. Selain itu alumni yang lain yang pernah mengisi mata kuliah SG yaitu Bapak Rahmat Hakim ST, MBA alumni teknik elektro angkatan 1994 yang mengisi materi Leadership, Bapak Lingga Wardhana ST, MBA alumni Teknik Elektro angkatan 2001 yang mengisi materi Negotiation Skill dan terakhir Bapak Felix Setiadi alumni Teknik Elektro angkatan 1993 yang emngisi materi Cultural Diversity. ateri S G berikutnya juga sudah diagendakan akan diisi oleh beberapa alumni TETI lainnya yang bersedia berpartisipasi dalam kuliah Studium Generale. Selain menghadirkan pembicara dari alumni TETI, beberapa sesi kuliah SG juga pernah menghadirkan pembicara hebat yang telah sukses di bidangnya seperti Bapak Abdul Hamid Batubara, Beliau merupakan Presiden Komisaris PT. Chevron PaciďŹ c Indonesia yang mengisi materi kuliah SG dengan topik ethics, integrity, and profesionalism serta Bapak Michael C. Putrawenas, Beliau merupakan Commercial Strategy Manager Upstream Indonesia, Shell Indonesia yang mengisi kuliah dengan topik Vision, Perspective, dan Big Picture. edepannya diharapkan mata kuliah Studium Generale yang bertujuan mengasah soft skill mahasiswa dapat terlaksana dengan semakin baik dan dapat menghadirkan pemateri yang expert di bidangnya untuk berbagi ilmu dan pengalaman dengan mahasiswa termasuk kepada alumni TETI pada khususnya untuk dapat berpartisipasi dalam pengembangan soft skill mahasiswa.

M

K

13


PRESTASI MAHASISWA PRESTASI MAHASISWA TAHUN 2015-2017 Juara A S M E (American Society of Mechanical Engineers) IShow (Innovation Showcase), Pune, India April 2015 dimenangkan oleh : Ahmad Ataka, Ridwan Wicaksono, Imaduddin A. Majid, Syauqy Nurul Aziz, Hanry Ario P, Muhammad Faris, Raynalfi Budiharjo, Farid Inawan, Fadhil Ramadhan Santosa, Gatya Dhanawan Wijaya, Guntur Utomo, dan Aldrian Rahman

Pramudya Ananto memenangkan Medali Emas di International Mathematics Competition for University Students, Bulgaria

JUARA 1 DIVISI PAYLOAD KOMURINDO 2015 dan JUARA 2 KATEGORI EDF KOMURINDO 2015 Randi Ritvaldi, Dwi Aji Kurniawan, Luthfan Nur Ubay, Edo Prabolaksono, Dera Rachmawati Kusuma, Handoko Kustanto, Shoddiq Jati Premono, Naufal Nasiri, Fahdy Nashatya, Aji Resindra

Perunggu kategori PKM-K PIMNAs ke 28 Muhamad Randi Ritvaldi, Verdiaz Refikhanata, Urfan Qinthara

14


PRESTASI MAHASISWA PRESTASI MAHASISWA TAHUN 2015-2017 Iman Agus Faisal, Imaduddin A Majid memenangkan Juara 3 di Internasional Robot Contest Korea

Andreas Gandhi, Sasmita Dewi Winahyu, Brian Yudhalaksana, Azka Aditya, Andreas Gandhi, Rendy Yusuf Azhari, Hamdan Prakoso memenangkan Juara‏ 1 Kategori Pengembangan Bisnis TIK Gemastik, Juara 2 Kategori Pengembangan Bisnis TIK Gemastik, danJuara 3 Piranti Cerdas Gemastik Ade Pratama Suryo Kusumo (TE 2012)Taufan Adi Putra (TE 2012), Fathian HaďŹ z A, (TE 2014) Memenangkan : The Best Team, Juara 2 Akselerasi, Juara 2 Deselerasi dalam Kompetisi Mobil Listrik Indonesia VII 2015 di Bandung.

Hanif Faalih Wienico Kusuma (TE 15) memenangkan silver medal dan special awards dari delegasi Thailand dari ajang ilmiah International Exhibition for Young Inventors (IEYI) Taiwan pada 15-20 November 2015.

15


PRESTASI MAHASISWA PRESTASI MAHASISWA TAHUN 2015-2017 GADJAH MADA AEROSPACE TEAM KEMBALI BERPRESTASI DALAM KOMBAT-KOMURINDO 2016, Juara Ide Terbaik Kategori Muatan Roket dan Juara Desain Terbaik Kategori Muatan Balon Atmosfer: dimenangkan oleh : - Luthfan Nur Ubai (Ti13)- Edo Probolaksana A. (TE 13)- Agung Fathurrahman (TE 14)- Muhammad Iqbal Ardiansyah (TI 14)Agung Safrullah (TE 14)- Zhafira Putri Hutami (TI 14)- Luqman HA (TE 13)- Meizar Raka (TI 14)- Aria Rangga S. (TE 14)- Rino Budi S. (TI 14)- Faisal Hadi K. (TE 14)- Hermawan Maulana (TE 13)- Jonathan Darmawan (TE 13) Juara 2 Kategori Slalom, Juara 3 Kategori Uji Percepatan, Juara Teknologi Terbaik Kompetisi Mobil Listrik Indonesia (KMLI) 2016 yang diselenggarakan di Politeknik Bandung pada 18-20 November 2016 dimenangkan oleh : -Rizky Dwi Prabowo-Musthafa Abdur Rosyied-Fathian Hafiz-Ilham Maul-Kukuh Setyo Raharjo

Juara Umum KRTI 2016 pada 24-26 November 2016 lalu di Bandar Lampung. Dimenagkan oleh Argha Jiwa Kusuma TE 14, Frans A Kristiawan TI 14, Rara Priska Yuniar TI 14

Juara PKM, Medali Emas Poster, Juara PKM Medali Emas Poster dan Perak Presentasi, dan Juara PKM Perunggu Poster Dimenangkan oleh : -Novrizal Dwi Rozaq (TE'14)-Anggito Kautsar (TE'14)Musthafa Abdur Rosyied (TE'14)-Almantera Tiantana Al Faruqi (TI'15)-Aditya Laksana Suwandi (TI'15)Daryatul Choiriyah (TI'15)-Fiha Febiala (TI'14)-Meizar Raka Rimadhana (TI'14)

16


KEGIATAN ALUMNI 2017

Syawalan Paksima KEGIATAN ALUMNI

Syawalan Alumni Paksima Teknik Mesin dan Listrik Angkatan 60-70an Masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 H, pada tanggal 8 Juli 2017 telah diselenggarakan acara syawalan Paksima UGM dan bertempat di restoran Warunk ELJE yang terletak di Jalan Damai Gg. Watugede No. 3 Sleman, Yogyakarta. Acara syawalan paksima tersebut dihadiri oleh sekitar 25 orang alumni Teknik Mesin dan Listrik angkatan 60an - 70an.

KEGIATAN ALUMNI Temu Alumni Teknik Elektro Angkatan 2005

Sabtu (19/08/17) sampai dengan hari Minggu (20/08/17) telah berlangsung acara temu alumni teknik elektro angkatan 2005. . Pada kesempatan tersebut para alumni mengadakan acara yaitu reuni yang diikuti kurang lebih 25 orang alumni. Para alumni yang sebagian besar sudah berkeluarga berkumpul kembali dan bernostalgia bersama dengan para rekan satu angkatan mereka untuk bersilaturahmi dan juga saling berbagi pengalaman setelah lulus dari bangku perkuliahan dan meniti karir. Selain bersilaturahmi dengan para rekan sejawat, para alumni tentunya juga menyempatkan untuk berkunjung , bersilaturahmi, dan juga bernostalgia di kampus kebanggan yaitu Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi UGM.

17


KEGIATAN ALUMNI 2017 KEGIATAN ALUMNI Temu Alumni Lintas Angkatan

Rabu (06/09/17) telah berlangsung acara pertemuan alumni lintas angkatan DTETI UGM. Acara tersebut berlangsung di Roa Blora Manadonese Food, Jl. Juana No. 30, Menteng - Jakarta Pusat. Agenda pertemuan tersebut adalah untuk mengadakan pertemuan dan diskusi antara para alumni dengan ketua Departemen yaitu Bapak Sarjiya, ST., Pertemuan yang dihadiri oleh sekitar 40 alumni DTETI dari lintas angkatan diawali dengan acara ramah-tamah kemudian dilanjutkan dengan prakata dari perwakilan Departemen, bincang-bincang dan diakhiri dengan perkenalan serta sharing dari wakil-wakil angkatan yang hadir dalam acara tersebut. Dalam kesempatan tersebut membahas mengenai beberapa hal seperti peningkatan peran alumni untuk departemen, peningkatan hubungan antar alumni dengan membentuk sebuah forum alumni yang lebih luas dan tidak melihat angkatan, evaluasi mengenai kemampuan soft skill lulusan, dan saran-saran dari perwakilan alumni untuk memajukan Departemen. Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan sharing pengalaman dari perwakilan angkatan dan juga pembahasan mengenai agenda terdekat yang akan diadakan oleh alumni DTETI.

18


KEGIATAN ALUMNI 2017 KEGIATAN ALUMNI Reuni Perak 25th Alumni Teknik Elektro Angkatan 1992

Ikatan kekeluargaan adalah salah satu hal yang harus teatap dimiliki oleh alumni di setiap angkatannya meski sudah lama terpisah setelah lulus dari menempuh studi di bangku perkuliahan. Oleh karena itu para alumni Teknik Elektro angkatan 1992 pada hari Jum'at (22/09/17) sampai dengan hari Sabtu (23/09/17) kemarin mengadakan reuni perak 25 tahun alumni Teknik Elektro 1992 dengan mengangkat sebuat tema yaitu Always and Forever Guyub. Serangkaian acara dilaksanakan dalam rangka reuni perak alumni TE angkatan 1992 tersebut, diantaranya sharing dari alumni angkatan 1992 kepada mahasiswa aktif Teknik Elektro dan Teknologi Informasi UGM yang dilaksanakan pada hari Jum'at (22/09/17). Sharing alumni yang berlangsung di ruang sidang lantai 3 DTETI diikuti oleh sekitar 55 mahasiswa. Agenda selanjutnya dalam serangkaian acara reuni perak alumni teknik elektro angkatan 1992 adalah puncak acara yaitu reuni yang diadakan di kampus kebanggaan dimana dulu para alumni pernah menempuh pendidikan di bangku kuliah yaitu di Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Universitas Gadjah Mada. Acara yang diadakan pada hari Sabtu (23/09/17) tersebut diawali di pagi harinya dengan agenda gowes dengan berkeliling di area kampus UGM mengendarai sepeda kampus. Memasuki acara puncak dilakasanakan reuni yang berlangsung di ruang kuliah E6 Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi. Acara reuni tersebut selain dihadiri oleh alumni Teknik Elektro angkatan 1992 juga dihadiri oleh perwakilan

19


Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada

20

TETI dalam Berita EDISI 1( Juli-Oktober 2017)  
TETI dalam Berita EDISI 1( Juli-Oktober 2017)  
Advertisement