Page 1

WHYOHYOY

#2

TERBIT SETIAP JUMAT PERTAMA TIAP BULAN

AYO KITA KE KANTOR

S: BONU ECE RK STIKE ohYOY @why

RESEP SUKSES DIKALA BESOK KAMU AKAN WAWANCARA KERJA 5 HARI UNTUK SELAMANYA (BAG 2) MAU SUKSES? JADI DOKTER AJA

WHYOHYOY GADGET REVIEW GO FOR THE DETAILS! GET EVERYTHING! WHYOHYOY LISTEN TO THEM? (RANDOMLY MUSIC REVIEW) KISAH CARI KERJA DI NEGERI KINCIR ANGIN


DUDUK @whyohYOY

Dari.Untuk.Dengan.Ucapan.Kata. Mau nembak gebetan tapi ga berani ngomong langsung? Mau ngasih tau temen kamu tapi gak enak? Mau ngumpat – ngumpat dosen? Mau pesen makanan tapi gak punya pulsa? Mau katakan apapun untuk siapapun, silahkan kirimkan pesan – pesan kamu untuk orang lain melalui ini.

D U DUK

: Suleman : Pak Mamat : Pak niat ga sih ngajarin kita di sekolah?

D U DUK

D U DUK

: Sidiq : Ney : Besok nonton transpormer bareng aa yuk

D U DUK

D U DUK

: Hendi : Nana : Heh Jawa, sok ngebos maneh di sini!

: Kumle : Muka Rata : Kumis gue boleh mirip lele, tapi muke lu rata

: Ichsan : Vivi : Senyum kamu semanis gula jawa deh


TABLE OF CONTENT

@whyohYOY

you should read this table of content first? CONTENT

PAGE

Cover Depan. Lego Go Work DUDUK 1. Dari Untuk Dengan Ucapan Kata 1 Table of Content. whyohYOY you should read this table of

1 2 3

content first?

Bla-bla-bla. whyohYOY say regards? Ask-YOY. Ask, ask, and ask, Why–Oh–YOY Educated Urban Legend. Mau Sukses? Jadi Dokter Aja Adventure. Jalan-jalan: Kisah Cari Kerja di Negeri Kincir

4 5 6 9

Angin

Life Style. Living with style, live your life style Before-After. Kuis Before-After Cerpenbung. 5 Hari Untuk Selamanya (BAG 2) Ensiklopedia. Ensiklopedia dunia pekerjaan versi

11 13 14 15

@whyohYOY

Ramalan. whyohYOY should belive this so-not-serious

17

tentang ramalan pekerjaan?

Musik. whyohYOY listen to them? (randomly music review) Gadget. WhyohYOY gadget review. Go for the details! Get

18 20

everything!

Bonus. Resep sukses dikala besok kamu akan wawancara

22

kerja

DUDUK 2. Dari Untuk Dengan Ucapan Kata 2 Cover Belakang. Bonus: Stiker Kece @whyohYOY

23 24 halaman 3


BLA-BLA-BLA

@whyohYOY Say Regards Sudahkah kamu bekerja? Kenapa harus kerja? Apa sih kerja itu? “Kerja” adalah sebuah kata kerja yang berarti kita melakukan suatu pekerjaan. Bahkan kata – kata saja bekerja, masa kita nggak sih? Tentu saja kita tidak mau kalah kan dengan kata – kata? Kehidupan kita kan nyata, tak hanya sekedar kata – kata bukan? Pekerjaan itu kadang seperti jodoh. Kadang sulit dicari, kadang kalau sudah dapat ya suka dicuekin. Pekerjaan juga bisa dengan tiba – tiba menghampiri kita. Pekerjaan bisa membuat kita galau. Pekerjaan bisa membuat kita senang, sedih, marah, lupa waktu, bahkan pada beberapa kasus, bisa bikin kita melupakan kehidupan asmara kita. Waw!

~JO

NI~

Sebaiknya, sebelum kita memilih untuk melakukan suatu pekerjaan, kita harus terlebih dahulu mengetahui mengetahui seperti apa pekerjaan itu. Kenapa? Karena seharusnya, kita lah yang mengerjakan pekerjaan itu, bukan kita yang “dikerjai” oleh pekerjaan. Iya kan? Jadi buat kamu yang sudah menggeluti suatu pekerjaan, teruslah bergelut dengan pekerjaanmu. Tapi jangan mau dikalahkan oleh pekerjaanmu. Buat kamu yang baru menjajaki suatu pekerjaan, jajakilah dengan perlahan, janganlah melakukakn suatu tindakan yang agresif, sembrono, dan tidak terkontrol.

~MAIK~

Dan, buat kamu, yang akan / sedang / masih / terus / selalu / mulai jenuh / pasrah / putus asa / masih mencoba lagi mencari pekerjaan, tenang saja, pasti ada pekerjaan yang cocok untuk kamu. Tinggal bagaimana kamu menggali dan memaksimalkan bakat, potensi, dan keahlian yang tertanam di diri kamu. Ingatlah, tidak semua di antara kamu tidak cocok bekerja di air lho. Jangan lupa, tak selamanya pekerjaan yang dilakukan atas dasar hobi menjadi pekerjaan yang benar – benar pas untuk kamu. Jadi, lakukanlah pekerjaan kamu secukupnya, dan sebaik – baiknya. Biarkan kamu yang mengerjakan pekerjaan kamu, dan bukan sebaliknya.

~KLARA~

Cheers, @whyohYOY team @JoniDate @sisupermaik @KlaraSiKebo

halaman 4

Album alternatif untuk mengiringi pekerjaan : Albert Hammond Jr. – Yours To Keep (2006) The Holidays – Post Paradise (2010) Peter Bjorn & John – Gimme Some (2011) Asobi Seksu – Fluorescence (2011) The Antlers – Two (2009)


TO: whyohYOY

ASK-YOY

Ask, ask, and ask, Why – Oh – YOY Silahkan tanya dan tanya semua masalah kamu, serius maupun sangat serius, akan kami jawab secara serius. Iya, apapun. Asmara, peruntungan, jodoh, kesehatan, teknologi, ilmu pengetahuan, diskon, musik, konser, film, sinetron, FTV, apapun. Apapun. Setiap penanya terbaik akan mendapatkan kecupan hangat dari kami.

visit us on : whyohyoy.tumblr.com contact us on : whyohyoy@gmail.com mention us on : @whyohyoy wall us on : FB page Why-Oh-YOY

I need your help YOY, Aku lagi bingung nih, papa ku pengen aku jadi dokter, tapi boro-boro jadi dokter, aku aja SMP ga tamat, gimana ya YOY? please answer me... (Shinta, 20 tahun) Hallo Shinta, dari nama kamu aja kita udah tau kalo kamu itu ga suka jadi dokter. Hobi kamu itu masak, coba deh yakinin papa kamu. Masakin dia tiap hari nasi goreng. Pasti lama-lama papa kamu sadar kalo kamu suatu hari bakalan ikutan daftar kompetisi Master Chef Indonesia. Pembuktian diri. Itu yang kamu perlu buktikan pada papa kamu. Don’t give up yah!

Dear YOY, Gue lagi naksir nih sama temen gue, dia primadona di SMA gue. Hobi doi nge-dance. Tapi gue ketua Rohis di SMA gue. Gue bingung YOY, nanti apa kata temen-temen di sekoah gue kalo gue nembak doi? apa yang harus gue lakukan? (Rahmat, 18 tahun) Mas Rahmat, ada pepatah anjing menggonggong, khalifah berlalu. Masa baru temen yang komentar aja mas Rahmat udah ciut. Jodoh itu di tangan Tuhan. Bukan dari komentar temen-temen. Ya kalo masih bingung coba itung kancing aja, kali aja bisa ngebantu.

Jawab ya YOY, please Dulu saya itu anti banget nonton sinetron, tapi semenjak gebetan baru saya hobi banget nonton sinetron, saya coba-coba buat ikutan nonton. Awalnya sih saya nonton biar bisa nyambung aja ngobrol sama gebetan saya. Tapi lama-kelamaan saya ketagihan. Saya sampe lupa makan, lupa sholat, lupa tidur, hanya demi nonton sinetron. Hidup saya berantakan gara-gara sinetron. Mohon sarannya ya YOY, thanx. (Adit, 22 tahun) Hmm, Dit. Sebenernya ga ada yang salah sama hobi baru kamu itu. Coba bayangkan kalo ga ada orang-orang kayak kamu. Siapa nanti yang bakalan nonton sinetron? kalo ga ada yang nonton sinetron, bayangkan berapa banyak orang yang akan diberhentikan kerja? kalo banyak pengangguran, nanti perekonomian negara kita lemah. Nanti kalo lemah, harga-harga naik. Terus uang jajan kita tetep. Mari kita seru kan gerakkan rajin nonton sinetron!

halaman 5


EDUCATED URBAN LEGEND Mau Sukses? Jadi Dokter Aja “Susan susan susan Besok gede mau jadi apa Aku kepingin pinter Biar jadi dokter�

I

tu adalah sepotong lagu anak-anak berjudul Susan Punya Cita-Cita yang dinyanyikan oleh Susan & Ria Enes. Lagu tersebut sangat populer pada masanya. Kenapa sih si Susan pengen jadi dokter? “Kalau kalau benar Jadi dokter kamu mau apa Mau suntik orang lewat Jus jus jus� Selidik punya selidik, ternyata si Susan mau suntik orang lewat. Tapi apakah bener semua dokter seperti si Susan, yang hanya kepingin suntik orang lewat? Percaya atau tidak, dari 10 anak kelas 1 SD jika ditanya mau jadi apa, 5 di antaranya menjawab mau jadi naruto, 3 jadi detektif conan, 1 jadi dokter dan 2 sisanya tidak tau apa itu cita-cita. Dari sini terlihat. Sejak masih kecil pun, profesi Dokter sudah digemari. Kenapa sih profesi dokter begitu digemari untuk dicita-citakan? Bahkan si Susan pun ikut-ikutan bercita-cita menjadi dokter. Dulu, sebelum adanya sekolah kedokteran di Indonesia, belum ada satu pun anak Indonesia yang bercita-cita menjadi dokter. Pada saat itu, profesi yang sangat populer adalah menjadi kepala desa, supir kereta kuda, dan kepala perkebunan kompeni. Orang yang sakit pada jaman tersebut dirawat oleh orang pintar yang biasa disebut tabib/dukun. Seorang tabib/dukun

halaman 6

biasanya sangat dihormati dilingkungannya. Mereka lah satu-satunya orang yang dianggap paling berjasa menjaga kesehatan warga di sana. Tidak mudah untuk dapat menjadi seorang tabib/dukun yang dipercaya masyarakat. Seorang calon tabib/dukun harus menimba ilmu minimal dari 10 perguruan dan bertapa selama 10 bulan di tengah gunung. Setelahnya pun belum tentu seorang calon tabib/dukun dapat kembali hiduphidup dalam keadaan masih waras. Pada jaman itu profesi tabib/dukun bukan lah profesi yang mudah. Sedikit sekali anak-anak yang bercita-cita menjadi tabib/dukun di jaman itu. Begitu sekolah kedokteran pertama di Indonesia dibuka, peminat akan profesi dokter meningkat sangat tajam. Berbeda dengan tabib/dukun, sekolah kedokteran tidak mengharuskan calon dokternya untuk menimba ilmu dari 10 perguruan dan bertapa selama 10 bulan di tengah gunung. Anak-anak muda mulai berbondong-bondong mendaftar ke sekolah kedokteran yang ada pada saat itu. Hanya satu keinginan mereka, mereka mau jadi dokter bukan karena mau suntik orang lewat, tetapi


EDUCATED URBAN LEGEND Harta, Tahta, dan Wanita Setinggi-tingginya tupai meloncat, pasti pernah jatuh juga. Setinggi-tingginya cita-cita seseorang, pasti tidak jauh-jauh dari harta, tahta, dan wanita. Harta

Ibarat seorang anak raja yang berebut kekuasaan, setiap pekerjaan memiliki status sosial yang berbeda di mata masyarakat. Status sosial profesi di mata masyarakat versi majalah WhyOhYOY:

Sukses = dokter, (anak) pengusaha Pintar = dosen, peneliti, insinyur Kaya = (anak) pejabat, (anak) pengusaha Funky = arsitek, desainer Sabar = ustat, pendeta Kuat = petinju, preman Brengsek = supir angkot, aparat keamanan, pejabat Wanita

Kamu, dia, teman mu, papa mu, eyang mu, pasti mau jika memiliki harta yang berkecukupan. Bagaimana sih caranya agar dapat memiliki harta? Kerja! Dengan bekerja seseorang dapat menabung, mengumpulkan uang, kemudian membeli baju baru, beras, ayam goreng, dst. Profesi dengan penghasilan terbanyak versi majalah WhyOhYOY:

1. Koruptor 2. Pejabat 3. Polisi 4. Pengusaha 5. Dokter Tahta

Keindahan itu identik dengan wanita. Begitu juga dengan profesi yang indah-indah yang banyak digandrungi para wanita. Profesi terindah versi majalah WhyOhYOY:

1. 2. 3. 4. 5. 6.

Penyanyi Bintang pelem Designer Arsitek Chef Tukang Gado-gado

karena mereka ingin menyelamatkan orang-orang sakit di sekitar mereka, yang tentunya mereka sayangi.

ekonomi. Banyak orang-orang yang saat ini beranggapan “jadilah serorang dokter agar hendak kamu sukses�. Mengapa bisa begitu?

Pada jaman modern seperti sekarang, profesi dokter sudah menjadi salah satu profesi yang sangat terpandang dari segi status sosial dan

Dari segi status sosial, seorang dokter tentu dihormati oleh orang-orang disekitarnya. Seorang dokter dapat menjaga kesehatan orang-orang halaman 7


EDUCATED URBAN LEGEND disekitarnya. Dari segi ekonomi, seorang dokter tentu dapat digolongkan sebagai golongan orang berekonomi menegah ke atas. Harta, tahta, dan wanita. Itu adalah 3 hal yang paling menggoda manusia. Profesi dokter paling tidak memiliki 2 komponen tersebut, harta dan tahta. Harta dalam arti kuat finansial, dan tahta dalam arti memiliki status sosial yang tinggi di masyarakat.

Tapi kenapa masih saja banyak orang berangkapan “mau sukses? Jadi dokter aja”? Itu semua adalah pengaruh lagu yang dinyanyikan oleh si Susan pada waktu kita masih kecil. Mengapa bisa begitu? Lagi-lagi, percaya atau tidak, seperti apa seseorang pada saat dewasa kelak ditentukan oleh cita-citanya semasa kecil. Semasa kecil kita terbiasa mendengar lirik lagu:

Tapi percaya atau tidak, seperti apa seseorang pada saat dewasa kelak ditentukan oleh citacitanya semasa kecil. Sukses atau tidaknya seseorang tidak ditentukan melalui profesinya. Melalui usaha, tekad, dan kerja keras yang sungguh-sungguh, seseorang dapat meraih kesuksesannya masing-masing dalam berbagai profesi tentunya.

“Cita-citaku (cita-citaku) Kepingin jadi dokter” Kata-kata tersebut secara tidak sadar telah tertanam dengan kuat ke alam bawah sadar kebanyakan orang. Banyak diantara kita, aktivitas alam bawah sadar-nya memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap kesadaran-nya secara penuh. Dari sana lah alasan “kenapa banyak di antara kita yang ingin menjadi dokter” berasal.

Real Fact:

1851 Sekolah pendidikan kedokteran “Dokter-Jawa” dibuka di Weltevreden Gambir, Batavia dengan 12 orang murid. Lama pendidikan 2 tahun. 1898 Didirikan sekolah pendidikan kedokteran yang disebut STOVIA (School tot Opleiding voor

halaman 8

Indische Artsen) yang sebenarnya merupakan kelanjutan dari perkembangan dan pengembangan Sekolah Dokter Djawa yang terus menerus mengalami perbaikan dan penyempurnaan kurikulum dan perubahan nama. Sebelum 1989 diubah menjadi School tot Opleiding van Inlandsche Geneeskundigen dan pada tahun 1898 diubah menjadi School tot van Inlandsche Artsen (STOVIA).


ADVENTURE

Jalan-jalan: Kisah Cari Kerja di Negeri Kincir Angin

M

usim durian, musim daftarkan. Bagi mahasiswa Oleh: rambutan, musim Indonesia yang baru lulus dari kedongdong; dari salah satu perguruan tinggi di semua musim itu Belanda melamar pekerjaan di mungkin ngga ada yang paling Belanda bagaikan menjaga ditunggu selain musim “job baterai BB untuk hidup application�. Dari Eropa sampe sepanjang hari (Sumantri,2011). Indonesia sarjana-sarjana Saya pun ngga tau maksud dia muda menunggu kehadiran sebenarnya apa, namun musim ini. Di dalam hangat-hangatnya euphoria mungkin yang dimaksud adalah “sulit�. kelulusan pendidikan perguruan tinggi, kepala mahasiswa pun pening dihadang dengan Di sana, mahasiswa Indonesia lulusan Belanda kegalauan mencari kerja. diberi wewenang untuk mendapatkan kesempatan mencari kerja yang layak dan relevan dengan diploma yang didapat. Tetapi faktanya, Di Eropa tempat dimana sekarang saya tinggal, tetaplah masih ada kendala selama satu tahun kebanyakan mahasiswa Indonesia yang baru lulus periode proses melamar pekerjaan (zoekjaar). bergalau ria menunggu balasan email untuk interview dari puluhan perusahaan yang mereka

NADVIC

halaman 9


ADVENTURE

Bagi teman-teman saya yang masih berkediaman di Belanda, yang berniat untuk menjalankan satu tahun zoekjaar, legalitas ijin kerja bukanlah masalah. Hanya dengan membayar 600 Euro ke kantor pemerintah daerah, ijin kerja yang juga berfungsi sebagai visa kerja sudah ada di tangan. Hal yang perlu dilakukan untuk mendaftar zoekjaar hanyalah mencari alamat tempat tinggal yang legal dan terdaftar sebagai alamat pribadi di catatan pemerintahan daerah (Inschrijven). Kira-kira membutuhkan kocek sekitar 300 euro atau lebih per bulannya untuk menyewa sebuah kamar tempat tinggal yang cukup layak. Setidaknya persyaratan ini bukanlah kendala, namun ada hal lain yang menjadi kendala, yaitu masalah lingustik, krisis ekonomi Eropa, pengalaman kerja, sampai masalah nasionalisme. Bahasa diakui menjadi masalah umum yang dihadapi oleh mahasiswa Indonesia di Belanda. Walaupun banyak yang bilang hanya dengan bermodalkan bahasa Inggris mereka dapat hidup, ternyata hal ini tidak cukup untuk mendukung dalam mendapatkan pekerjaan. Terutama di perusahaan-perusahan professional besar, kebanyakan dari dokumen-dokumen mereka yang bersifat rahasia tertulis dalam bahasa Belanda, sehingga pekerja dituntut untuk setidaknya mengerti bahasa lokal. Masalah nasionalisme juga merupakan kendala. Hal ini mungkin merupakan implikasi dari adanya krisis ekonomi Eropa, sehingga kebijakan negara yang ingin mendahulukan kesejahteraan rakyat lokalnya berdampak pada highly skilled migrant (red: mahasiswa Indonesia di Belanda yang sudah terdaftar dengan visa kerja). Jadi buat kawan-kawan yang senasib dan seperjuangan yang sedang mencari kerja di manapun teman-teman berada, satu pribahasa yang hanya bisa saya ucapkan: “Dimana bumi dipijak, disitulah langit dijunjung�.

halaman 10

Tulisan Kamu? Kirim artikel teman-teman ke redaksi whyohYOY: whyohyoy@gmail.com


LIFE STYLE

Living with style, live your lifestyle. Where there is a life, there is a lifestyle. Lifestyle sudah benar – benar melekat pada kehidupan manusia. Seperti juga manusia, lifestyle dapat ditemukan di mana saja, termasuk di dunia pekerjaan. Selama manusia masih menjalani berbagai pekerjaan, maka secara tidak langsung, lifestyle pun mereka jalani secara bersamaan. Bagaimanakah lifestyle dalam dunia pekerjaan? Here they are,

Pekerjaan seiring hobi Menjalani hidup dengan melakoni pekerjaan jenis ini mungkin menjadi impian banyak orang. Mereka yang hobi bernyanyi, pasti memimpikan dirinya menjadi seorang penyanyi terkenal. Apakah pekerjaan ini benar – benar sempurna? Belum tentu. Kenapa? Coba bayangkan jika kamu memiliki hobi menonton sinetron. Dan dari hobi itu kamu sering merasa kesal, kecewa, bingung, atau heran dengan jalan cerita sinetron – sinetron tersebut, sehingga kamu bercita – cita menjadi sutradara sinetron. Lalu kamu habiskan seluruh waktumu menonton sinetron untuk belajar. Dan nanti, di saat kamu sudah menjadi sutradara sinetron, kamu bisa mendapat banyak pujian, juga celaan. Dan yang terpenting, kamu tidak akan lagi merasakan kenikmatan menonton sinetron, karena jalan cerita sinetron tersebut sesuai dengan apa yang kamu pikirkan. See? This is not a perfect style to live!

Pekerjaan di luar kemampuan Kamu sangat menyukai banyak kesibukan. Dari semenjak sekolah, semua kesibukan kamu jalani. Ekskul ini itu, panitia ini, panitia itu. Sampai saat kuliah, kamu lebih sibuk lagi. Komunitas ini, komunitas itu. Semua diikuti.

halaman 11


LIFE STYLE

Pekerjaan sesuai keahlian Bagaimana rasanya menjalani kehidupan yang itu – itu saja? Pastilah, bosan. Bayangkan jika sejak kecil kamu memiliki ketertarikan tinggi pada instrumen elektronika. Lalu kamu menghabiskan banyak waktumu untuk belajar elektronik. Menyia – nyiakan waktu indahmu saat SMA dengan mempelajari fisika secara berlebihan, bahkan mengurangi waktu bersenang – senang mu pada saat kuliah, karena kesibukanmu ini – itu elektronika. Dan, yap! Pada akhirnya kamu sukses menjadi sarjana elektronik yang mantap!

Pekerjaan karena keterpaksaan mungkin kalian berpikir hidup akan sangat sengsara jika kita menjalani pekerjaan karena keterpaksaan. Misalnya, kamu adalah seseorang yang lahir dengan bakat musik yang tinggi. Menjadi seorang frontman sebuah band indie rock n’ roll yang sedang naik daun. Namun apa daya, apabila pacar kamu mengenalkanmu pada orang tua nya, dan orang tua nya tidak menerima hubungan kamu karena kamu hanya seorang “anak band”.

Lalu apa yang kamu lakukan untuk hidup kamu selanjutnya? Direkrut oleh perusahaan besar, dan kembali bekerja dengan “setrum – setrum” itu? Mengutak – atik hal – hal baru yang pada dasarnya hanya pengembangan dari berbagai pengetahuan yang kamu pelajari sejak kamu kecil? Oh man, that’s all really sounds boring. Totally boring lifestyle.

Akhirnya kamu terpaksa meninggalkan band kamu dan lalu memulai karir di perusahaan milik calon mertua kamu. Apakah itu benar – benar sebuah kesengsaraan? Tentu tidak. Meskipun awalnya kamu memulai dengan keterpaksaan, tapi saat dijalani, kamu tidak akan benar – benar sengsara. Malah kamu mendapat restu dari kedua pihak orang tua. Kantong kamu pun akan lebih tebal. Dan yang terpenting, bakat musik kamu tetap bisa dijalani, walaupun tak seintensif dulu. This can be a good lifestyle, even be the best! Pekerjaan tanpa pekerjaan Ini adalah pekerjaan idaman. Tapi pada kenyataannya tidak ada pekerjaan tanpa pekerjaan. Get alive dude! halaman 12


BEFORE-AFTER

BEFORE

AFTER

KUIS BEFOREAFTER Dapatkah teman-teman YOYens menceritakan hubungan dari kedua gambar tersebut? PETUNJUK: gambar tersebut adalah perlengkapan dari salah satu profesi. Jawaban paling lambat dikirimkan pada hari senin, 8 Agustus 2011, via Twitter dengan format: [ISI JAWABAN][SPASI]@whyohyoy[SPASI]#kuisYOY Tersedia berbagai macam hadiah menarik untuk 5 peserta yang beruntung.

halaman 13


CERPENBUNG

5 Hari Untuk Selamanya (BAG 2) Polisi, pemadam kebakaran, tetangga, pak haji hingga pak lurah semua berdatangan ke bengkel kerja ayah Gilang. Mereka semua berkerumun bak lalat yang ada di atas tumpukan sampah. Ada yang berdoa, ada yang mencibir, ada yang terpaku, dan yang terpenting ada yang menolong ayah Gilang. 30 menit berlalu, akhirnya ayah Gilang dapat dikeluarkan dari tumpukan kaleng besi rongsokan mobil yang telah menimpanya. Semua berawal dari cita-cita Gilang yang bertentangan dengan keinginan keluarganya. Gilang yang ingin menjadi penari balet kelas dunia, mendapat tentangan keras dari keluarganya yang menginginkan dia menjadi tukang bengkel handal nomer wahid. Ayahnya terutama, yang senekad itu hingga melakukan percobaan bunuh diri karena Gilang hendak menolak tuntutan keluarganya. Gilang merasa gundah, bingung dan tidak tahu harus berbuat apa. Gilang berfikir keras, bagaimana caranya agar keluarganya dapat mengizinkan dirinya menjadi penari balet kelas dunia. Hari itu matahari bersinar sangat terang. Hari ini ayah Gilang masih harus beristirahat di tempat tidur. Kali ini giliran Gilang yang harus

halaman 14

menjaga bengkel karena kakak Gilang sedang pergi mengikuti les Bahasa Inggris. Sudah lewat tengah hari tapi belum juga ada mobil yang datang ke bengkel, Gilang yang merasa bosan, mencoba-coba gerakan balet yang baru dia pelajari dari Youtube tadi malam. “Brrrrruumm�. Seketika ada mobil caravan yang parkir di bengkel tersebut. Mobilnya besar, berpintu enam, catnya berwarna terang, didominasi oleh warna putih dan pink muda. Dengan sigap Gilang menatap tulisan yang terpampang di bagian samping mobil caravan tersebut. “Jadi-lah Pebalet #1 Dunia. Ikuti Kontes Pemilihan Penari Balet Pertama di Indonesia!� Mendadak semua kegundahan Gilang sirna. Gilang berfikir, apakah ini jawaban yang telah Tuhan kirimkan khusus kepadanya? Apakah ini pertanda Gilang harus mengikuti kontes tersebut? ~bersambung~

Jadi-lah Pebalet #1 Dunia. Ikuti Kontes Pemilihan Penari Balet Pertama di Indonesia!


ENSIKLOPEDIA

Ensiklopedia dunia pekerjaan versi @whyohYOY DOKTER

Pekerjaan menyembuhkan sesama, yang sangat mulia apabila dilakukan atas dasar KEMANUSIAAN.

APOTEKER

Peracik obat yang memiliki tanggung jawab yang tak kalah berat dibanding seorang dokter.

PSIKIATER

Seseorang yang akan sangat ingin kamu temui apabila kamu tak tahan dengan pekerjaan kamu

ARSITEK

Pekerjaan merancang dunia. Atau setidaknya suatu bagian kecil dari suatu dunia.

ILMUWAN

Pekerjaan yang menimba ilmu lebih sulit, dan mengaplikasikannya dengan lebih rumit.

PENELITI

Sesuai namanya, tak ada lagi yang dilakukannya selain meneliti, meneliti, dan meneliti.

MUSISI

Pemain musik. Pekerjaan mereka tak semudah yang kalian bayangkan.

halaman 15


ENSIKLOPEDIA DESAINER

Mendesain apapun yang mereka inginkan, dan apa yang manusia lain butuhkan.

CHEF

Pekerjaan yang sedang naik daun akhir – akhir ini.

PAKAR IT

Pekerjaan yang mulai dipandang tidak begitu terhormat akibat seseorang berinisial RS.

POLITISI

Pekerjaan yang mulai dipandang penuh tipu daya, muslihat, dan kejahatan oleh beberapa pihak.

DEBT COLLECTOR

Bukan orang – orang jahat yang menagih hutang pada orang jahat dengan cara yang agak jahat.

PENGANTAR ROL FILM

Pekerjaan Joni dari film “Janji Joni” yang mungkin sekarang sudah punah.

PRAMUGARI

Gadis – gadis cantik yang melayani penumpang pesawat, dan menjadi imajinasi banyak pria bejat.

MEKANIK BENGKEL

Pekerjaan “kotor” yang menjadi impian beberapa remaja, dan dianggap seksi oleh banyak wanita.

SARJANA TEKNIK

Sarjana Teknik hanya sebuah gelar, jangan cepat bangga.

halaman 16


RAMALAN

whyohYOY should believe this so-not-serious ramalan tentang pekerjaan?

Capricorn: Jelas sudah. Kamu. Tidak. Cocok. Kerja. Di. Air.

Cancer: Ya, kalau kamu merasa penghasilan kamu memang kurang, carilah pekerjaan yang lebih “basah”.

Aquarius: Baik – baik lah dengan atasan kamu, dia menentukan kenaikan karir mu kelak.

Leo: Kurangi tensi tinggi dengan rekan – rekan kerja mu, semua demi kenyamanan bersama.

Pisces: Ayo teruslah semangat mencari pekerjaan!

Virgo: Pekerjaan itu cocok untuk kamu, jangan kamu tinggalkan. Kamu akan sukses dengan pekerjaan itu

Aries: Tidak, jangan teruskan interview itu. Itu bukan pekerjaan yang cocok untukmu.

Libra: Daripada mengambi resiko, pikirkan lah dulu matang – matang, pekerjaan apa yang kamu mau.

Taurus: Kamu memang lebih cocok membuka lapangan pekerjaan, tapi jauhilah larangan agama.

Scorpio: Pekerjaan kamu mutlak membutuhkan teknologi. Teruslah update dengan perkembangan teknologi.

Gemini: Ikutilah kata hati mu, bukan kata boss mu. Boss ada di mana – mana, namun hati mu hanya satu.

Sagitarius: Jangan sampai menjadi work-a-holic. Pergilah berpesta secara rutin!

halaman 17


MUSIK

whyohYOY listen to them? (randomly music review)

We’ll Never Had Enough, Pals! “ALBUM OF THE LAST MONTH”

Alkaline Trio – Damnesia | July 12, 2011 | score : 9.3/10

Album ke-8 dari band punk-rock legendaris ini dirilis dalam format hampir-unplugged. Lagu – lagunya pun hampir semua diambil dari album – album mereka yang terdahulu, hanya ada dua lagu baru. And yeah, they play the same speed, same tunes, same lyrics, and spread same emotions, but in different feels. Not the whole feelings, just how the feelings released. Yeah! Album yang tepat untuk menyuarakan emosi tanpa harus menjadi emosional. Sebuah obat penenang juga bagi fans mereka di Indonesia, karena mereka batal main di Indonesia Juli lalu. Damn! Tapi intinya, walaupun dimainkan secara unplugged, punkrock tetaplah punk-rock! Hell yeah! Key tracks : “We’ve Had Enough”, “Every Thug Needs A Lady”, “Olde English 800”, “I Held Her In My Arms”

She doesn’t want to be a bride! Vanessa Carlton - Rabbits on the Run | July 26, 2011 | score : 8.4/10

Apabila kamu terakhir mendengar Vanessa Carlton pada album Be Not Nobody, maka kamu akan merasakan suatu perubahan yang sangat berarti. Jauh sekali. Sepi, dingin, hampa. Menyuarakan kegalauan hati seorang gadis yang berada pada fase peralihan menuju ke jenjang hidup baru, keraguannya akan lingkungannya, dan emosi – emosi negatif lainnya. Album ini cocok untuk kamu yang senang dengan suasana gelap, musik yang sepi, atau kamu yang sedang-belum-ingin-untuk menikah. Uhuk! In conclusion, album ini nampaknya tidak maksimal untuk menjawab rasa penasaran kita akana album ketiga dari biduanita penuh aura ini. Key tracks : “I Don’t Want To Be A Bride”, “Dear California”, “Hear The Bells”, “Fairweather Friends”

halaman 18


MUSIK

Lord, send it for me! Hyde & Beast – Slow Down | July 13, 2011 (Digital Release) | score : 8.7/10

Sebuah duo beraliran psychedelic asal Inggris yang sangat belum tenar. Oh come on. With only 657 fans on Facebook, 101 friends on MySpace, Video seen only about 3000 times on youtube, and their singles only played 16 times a day on MySpace, who the hell are they? Who’s going to listen them? Hmm. We did. @whyohYOY listens everything. Satu gitaris, satu drummer, dan sebelas lagu di album ini cocok untuk mengiringi perjalanan kita ke kampus, ke kantor, atau saat kita duduk – duduk di taman. Dijual dalam bentuk digital download, dan CD nya akan keluar tanggal 15 Agustus ini, ayo pesan dari sekarang. Key tracks : “Never Come Back”, “You Will Be Lonely”, “(And The) Pictures In The Sky”

The complete knock, and uncomplete failure! Blood Orange – Coastal Grooves | July 1, 2011 (Digital Release) | score : 8.9/10

Misterius, aneh, mengawang, penuh keraguan, tapi juga terdengar menjual. Itulah kesan yang bisa ditangkap dari album ini. Sebuah band indie rock asal Los Angels. What are they sounds like? Hmm. Peter Bjorn & John, The XX, The Drums, Deerhunter, etc. Album ini cocok untuk mengiringi aktivitas pasif (atau yang cenderung pasif) kamu, di hari – hari di mana kamu sedang jatuih cinta pada seseorang yang misterius. Bukan album yang tepat untuk mengiringi kamu belajar. Selain dijual dalam bentuk digital download, album ini juga akan dirilis ulang oleh iTunes dengan versi bonus track pada akhir Agustus ini. Key tracks : “Forget It”, “Sutphin Boulevard”, “S’cooled”, “The Complete Knock”

halaman 19


GADGET

whyohYOY gadget review Go for the details! Get everything! Pernahkah kamu merasakan seberapa seraknya suara Sting pada album – album The Police? Bagaimana Bono menarik suaranya dengan sedikit memaksa (bahasa gaulnya : “ngeden”) pada album The Joshua Tree? Dan bagaimana galau dan patah hatinya nyanyian Norah Jones pada album The Fall? Bagaimana kasarnya pukulan drummer Metallica, Lars Ulrich, pada album Saint Anger? Bagaimana “pedas”nya petikan gitar John Frusciante, sang gitaris Red Hot Chili Peppers, pada album Blood Sugar Sex Magik? You must hear them, but if you don’t get the details, then you’ll miss something you don’t want to lose.

@whyohYOY’s choice

But music is simple, so, just keep it simple. Tak perlu mengejar detil – detil itu dengan menyusun seperangkat “home audio” atau membeli piringan hitam dengan set audio khusus, atau membeli headphone di atas 3 juta rupiah. Cukup dengan beberapa IEM (in-earmonitor) earphone pilihan @whyohYOY di bawah ini, kalian dapat dengan mudah menikmati detil – detil tersebut. Tak perlu membahas spesifikasi teknis mereka satu persatu, let’s talk about “how does it sounds?”, because we try them all. We fell them! Cekidot!

Ultimate Ears 700 Origin : US | Price : about US$179 (ebay), IDR 1300K (Indonesia, very rare) | Score : 9.7/10

Ultimate Ears adalah sebuah perusahaan yang secara khusus menyajikan IEM untuk para musisi dunia dari berbagai aliran, mulai dari Radiohead, Keane, U2, dan masih banyak lagi. Untuk produk komersilnya, Ultimate Ears 700 adalah IEM andalan kedua mereka, dengan dua driver pada setiap bagiannya, tak akan ada suara yang luput dari pendengaranmu. Bass yang tidak berlebihan, suara vokal yang tebal, halus, dan detail, nada – nada tinggi yang tajam dan halus, semua keindahan lagu – lagi favoritmu akan kamu dengarkan tanpa terkecuali. Ya, takkan ada yang terlewat, dengan total empat speaker pada kedua telingamu, bahkan kamu akan merasakan Norah Jones bernafas di kuping kanan mu. You’ll get (almost) all of those exact details! Guaranteed!

halaman 20


GADGET

Hifiman Re-0 Origin : China | Price : about 800K | Score : 9.5/10

Jangan ragukan pabrikan China yang satu ini. Seluruh penikmat portable-audio di dunia sudah mengakui merek yang satu ini. Dengan kuantitas bass yang sangat sangat tipis, IEM ini akan menjadi belahan jiwa bagi kamu yang mendewakan speed, distorsi, desis simbal, dan hentaman snare drum. Namun, lupakan kenikmatan mendengarkan musik – musik upbeat seperti Cut Copy, Daft Punk, dsb. IEM ini tidak dibuat untuk semua jenis musik, dan tidak untuk semua jenis telinga.

Hippo Shroom Origin : South Korea | Price : about 500K | Score : 9.2/10

Hippo Shroom adalah sebuah IEM dengan ukuran driver yang sangat kecil, yaitu sekitar 6mm, dan didesain untuk masuk lebih dalam ke telinga kita. Dengan kuantitas bass yang tidak terlalu kecil, dan detail yang jernih dan halus, karakter vokal yang lembut, IEM ini akan lebih tepat menemani semua selera musik kamu, ya, tidak benar – benar semua. Tapi yang jelas, tak akan banyak detail – detail yang tertinggal, semua akan masuk dengan nyaman di kedua telinga kamu.

halaman 21


BONUS

Resep sukses di kala besok kamu akan wawancara kerja Siapa sih yang ga butuh pekerjaan? Jangankan tetangga kamu, adik kamu juga butuh pekerjaan. Kita sebagai makhluk hidup membutukan pekerjaan. Dari pekerjaan kita mendapatkan upah. Dari upah kita mendapatkan barang-barang kebutuhan hidup. Lalu kira-kira apa-apa saja yang harus kamu lakukan di kala tiba-tiba seandainya besok kamu mendapatkan undangan wawancara kerja di tempat kerja impian kamu? Berikut ini adalah tips-tips eksklusif dari whyohYOY untuk kamu!

Sedia payung sebelum hujan Kesan pertama adalah hal yang paling penting. Jangan sampai kamu basah kuyup kehujanan gara-gara lupa bawa payung.

Tidur lah lebih cepat daripada ayam Waktu tidur yang cukup akan menghilangkan ketegangan kamu. Ikuti waktu tidur ayam kate, hati-hati karena beda ayam beda waktu tidur.

Gunakan stiker bonus whyohYOY Gunakan stiker ini, niscaya kamu akan mendapatkan manfaatnya. BONUS STIKER DI HALAMAN PALING BELAKANG

halaman 22

Dekatilah lawan lebih dekat daripada kawan Jangan ragu untuk memberi cokelat ke ibu-ibu penjual jamu dekat perempatan rumah kamu. Bisa jadi beliau adalah ibu dari orang yang akan mewawancara kamu kerja.

Pergi lah sebelum matahari terbit Di kota besar, begitu matahari terbit, jalanan akan diliputi kemacetan di sana-sini. Macet identik dengan stress, hati-hati dalam memilih moda transportasi kamu.


D U DUK

: Justin Biebr : JoniYOY : wassap bro!

D U DUK

D U DUK

: Putra : Tukang Siomay : Mas yang bener aja seporsinya 20 rebu

: Tukang ojeg : Si eneng : Neng naik ojeg abang yak, abang anterin deh kemana aje, ke hati abang juga boleh

D U DUK

D U DUK

: Rambut Polem : Mas Budi : Kapan kita main basket lagi nih?

: Fadhil : Pasha Ungu : I lope yuu pull!

visit us on : whyohyoy.tumblr.com contact us on : whyohyoy@gmail.com mention us on : @whyohyoy wall us on : FB page Why-Oh-YOY


ST B @ IKE ONU wh R S yo KE : hY C OY E

. Y O Y j n e . ! L % y O 99 e k O n C u F % 1 e W

e r A

PRINT DI KERTAS STIKER WARNA PUTIH UNTUK HASIL MAKSIMAL

whyohYOY#2  

second edition

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you