Page 1


Salam | Editorial

Merajut Komunitas, Merajut Impian

T

ak terasa kami telah memasuki edisi bulan Juni, sejumlah aktivitas mewarnai perjalanan kami. Setiap hari dengan ‘spirit baru’ yang kami usung, satu per satu komunitas yang ada menjalin kerjasama dengan kami. Tentu hal itu patut kami syukuri.   Berkaitan dengan hal itu, kami tak henti terus bekerja keras menyajikan baik tampilan maupun konten Majalah yang lebih variatif dan sesuai dengan keinginan para pembaca setia Majalah Panakkukang.   Agaknya hal tersebut telah menyemangati kami untuk lebih memperluas jangkauan pemasaran majalah kami.Makanya sejak edisi yang lalu, kami pun mengubah tagline kami menjadi ‘Dari Makassar untuk Indonesia’. Dengan demikian diharapkan majalah ini bisa dinikmati pula oleh pembaca di daerah lainnya luar kota Makassar. Dalam program kami, untuk memperluas cakupan pembaca majalah, kami pun telah menjalin kerjasama dalam bentuk MOU (memorandum of understanding) dengan sejumlah komunitas seperti IWAPI Sulsel, Prestist, Klabelanja, TDA (Tangan Di Atas), UKM binaan Disperindag Makassar, Makassar Cooking Community, BMW Club dan lain-lain. Segala upaya yang kami lakukan tersebut sebagai wujud daripada hasil catatan evaluasi, refleksi dan introspeksi yang kami lakukan di usia satu tahun majalah ini. Tentu saja dengan harapan agar majalah ini makin mendapat hati dan kian dekat dengan para pembacanya. Pada edisi Juni 2014 ini, kami banyak memuat liputan aktivitas kerjasama dengan sejumlah komunitas.Kedepan, kehadiran majalan ini sudah mulai on the track dengan tetap konsisten mengusung tagline sebagai ‘family magazine’.

Pembina Andi Darussalam Tabusalla Meike Bunadi Pemimpin Umum & Perusahaan Bang Mar Pemimpin Redaksi Rusman Madjulekka Manajer Bisnis Rafael S. Hadjon Marketing Fadli, Taufik Event & Promo MP Management DV Entertainment Sulfiani Azis, Dendy Anugrah Andi Jusfikal Muhammad Safitri Anwar Purba Saputra Dwi Saddam Fotografer Dede Layout & Design www.imagistudio.com Finance & Admin Endang Martiningsih Website & IT Firhat Abbas Penasihat Hukum H. Tadjuddin Rahman, SH., MH Penerbit CV. Artha Ajeg Agung Alamat Redaksi/Iklan Jl. Topaz Raya No. F 67-68 Komp. Bisnis Panakkukang Mas. Makassar Email redaksi.panakkukang@gmail.com & iklan.panakkukang@gmail.com Social Media Facebook : Majalah Panakkukang Twitter : @mjlhpanakkukang Website : www.panakukangonline.com Bank BNI 46 no. 1031358383 an. CV. Artha Ajeg Agung. Redaksi berhak memuat ulang semua materi yang pernah ditayangkan di majalah ini.

Pada edisi berikutnya, kami juga terus berupaya dan membuka diri untuk menjalin kerjasama dengan pihak lain. Hal tersebut tergambar dari rubrikasi kami yang lebih variatif. Akhirnya, kami berdoa dan berharap semoga pada edisi-edisi selanjutnya, kami bisa tampil dengan komunitas baru. Selamat membaca! *** Cover Story

Model : Widyawati Lokasi : Event Beauty Talk by Hijabers Mom Community di Best Western Hotel. Fotografer : Endang


Daftar Isi PROFILE Event............................................................................. 8-9

MTP Sabet Inspiring Tax Payers 2013

PT Multi Trading Pratama (MTP) meraih penghargaan Inspiring Tax Player 2014 dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menyusul prestasinya perusahaan tersebut sebagai wajib pajak yang dinilai taat terhadap pemenuhan kewajiban perpajakan.

Profil.............................................................................. 16 Ashari Ramadhan Rivay ‘Rama’ (Owner Sushi Bizkid)

8-9

Motivasi terbesar adalah Keluarga

BEAUTY Tips Model by Arzeti ................................................ 10

Kulit

Fashion .................................................................... 18-25 Beauty & Wellness................................................... 26

Spa Sebagai Usaha Pariwisata

Yoga......................................................................... 27

Meditasi Dan Gerakan Yoga Hamil / Prenatal

Etnik ........................................................................ 32

Kebaya

28-29

18-25

32

TRAVELLING Wisata Luar Negeri.......................................................... 28-29

PARIS Part 2 - end

Wisata Lokal.................................................................... 30-31

Tour Dengan Kapal Pesiar Melalui Bali, Singapore

30-31


COMMUNITY IWAPI News.............................................................................. 12

Berbagi TIPS di acara Seminar Kewirausahawan K3 FKM Unhas

ASITA News.............................................................................. 13

15

Aksi Sapu Bersih Pesisir Pantai Losari

PRESTIST News....................................................................... 14

PRESTIST Makassar Berulang Tahun yang Ke-2

HIJABERS News....................................................................... 15

Beauty Talk Cantik di Segala Usia Menghadirkan Widyawati

Jazz Makassar Community News............................................. 17

3rd Anniversary JMC (Jazz Makassar Community)

17

Info Sentra Bazaar Panakkukang.............................................. 38

HUT Ke-3 Sentra Bazaar Panakkukang Info Komunitas CCBC (Celebes Cooking & Baking Community) .............................................................................. 40

Geliat Kuliner Makassar Ada di Pojok Kuliner CCBC

Info Komunitas TANGAN DI ATAS (TDA) ................................ 42

Dari Rapat Kerja Komunitas Tangan di Atas Makassar

40 EASY READING Kisah ................................................................................ 33

Lingkaran Pergaulan

Grafologi............................................................................ 34

Ukuran tulisan menentukan Ukuran Kepercayaan diri

34

Untold Story....................................................................... 35

Dulu, Ada Kereta Api di Makassar

Makassariana.................................................................... 36

Rambutan Lego, Buah Lokal Sulsel

Ombudsman...................................................................... 37

Jadi Legislator Berkat Andil Ombudsman

Serba-Serbi Kuliner........................................................... 39

Apa Yang Anda Tahu Tentang Sandwich

39

Artikel CCBC .................................................................... 44

Gagal Itu...

Tips CCBC ........................................................................ 45


EVENT

MTP Sabet Inspiring

Tax Payers 2013

P

T Multi Trading Pratama (MTP) meraih penghargaan Inspiring Tax Player 2014 dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menyusul prestasinya perusahaan tersebut sebagai wajib pajak yang dinilai taat terhadap pemenuhan kewajiban perpajakan.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat

Jenderal Pajak (DJP) Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara kepada Direktur PT Multi Trading Pratama Yusuf Tyos dalam acara Apresiasi kepada Wajib Pajak Badan bertempat di Grand Clarion Hotel Makassar, Kamis 22 Mei 2014.   “Penghargaan ini selain sudah menjadi kewajiban juga menjadi bukti komitmen kami untuk membantu bangsa dan negara ini dalam melaksanakan pembangunan,” tutur Yusuf Tyos, Direktur PT Multi Trading Pratama seusai menerima penghargaan tersebut.   

8

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 16, Juni 2014


EVENT

Pemberian penghargaan yang diterima MTP bersama 30 perusahaan lainnya itu didasari dengan penilaian atas pemenuhan kewajiban perpajakan dari masing-masing wajib pajak yg dibagi per kategori (Kategori Platinum, Kategori Gold, Kategori Silver dan Kategori Bronze) dimana setiap kategori diwakili 3 (tiga) wajib Pajak Badan. Penghargaan

kategori

Platinum

diberikan

kepada PT. Hadji Kalla, PT. Makassar Tene, dan PT. Multi Trading Pertama. Kemudian penghargaan kategori Gold antara lain PT. Suracojaya Abadi Motor, PT. Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Tenggara, dan PT.

Dalam beberapa kesempatan wawancara Yusuf Tyos selalu menyampaikan keinginannya untuk menjadi pembayar pajak yang terbesar di wilayah Sulselbar.

Fatimah Indah Utama. Selanjutnya

penghargaan

kategori

Silver

diberikan kepada PT. Bahtera Mulya Inti Karsa, PT. Nipa Karya Persada, dan PT. Bumi Ambalat. Selanjutnya untuk penghargaan kategori Bronze diberikan untuk PT. Cipta Energi Nur Ningrat medika, dan PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten. Kepala Kantor Kanwil DJP Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara, Arfan, dalam sambutannya, “Saya berharap agar semua wajib pajak untuk dapat melaksanakan kewajiban perpajakannya dengan baik agar dapat membantu meningkatkan penerimaan pajak negara,� ujarnya. Kantor Pelayaan Pajak (KPP) Madya Makassar menargetkan pengumpulan pajak Rp 3,2 triliun tahun 2014.Kepala KPP Madya Makassar, Teguh Iman Wiratomo, mengatakan, angka tersebut 30 persen dari total target Dirjen Pajak Sultanbatara sebesar Rp 10,2 triliun. (*).

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 16, Juni 2014

9


Tips MODEL by Arzeti

Arzeti Bilbina

KU L I T

S

upaya terlihat bagus di kamera, sebaiknya kamu mulai memperhatikan masalah-masalah kulit yang kemung足 kinan bisa saja terjadi : kulit berjerawat, terlalu berminyak, kusam atau terlihat lelah ( ditandai oleh lingkaran hitam di sekitar mata). Sebelum kulitmu jadi batu sandungan, yuuuk, dirawat ya kulitnya. Lakukan perawatan intensif di klinik dermatologis atau klinik kecantikan profesional yang sudah memiliki izin resmi dari pemerintah. Karena kulit adalah hal yang krusial bagi seorang model, daripada terkesan gambling, sebaiknya sebelum memutuskan konsultasi ke klinik tertentu, ada baiknya cari informasi sebanyak-banyaknya tentang klinik tersebut. Kunjungi situs resmi mereka (kalau ada) dan buka telingamu lebar-lebar untuk semua testimoni orang-orang yang pernah melakukan perawatan di sana. Dan ingat, jangan pernah memutuskan memilih klinik tertentu lantaran harga yang ditawarkan murah. Duh, jangan sembarang mengambil resiko, deh. Kalau kenapa-napa kan bisa fatal akibatnya ? Selain perawatan klinis, kamu juga sebaiknya membiasakan perawatan diri. Jangan bosan-bosan deh, mengenakan tabir

10

surya sebelum beraktivitas di luar ruangan. Pilih yang kandungan SPF-nya 15 atau lebih untuk perlindungan optimal. Dan, yang rajin ya membersihkan muka sebelum tidur. Apalagi kalau sebelum kamu barusan memakai makeup... duh, ini sih, makin kudu-wajib-harus dilaksanakan. Minum air putih minimal delapan gelas sehari ternyata nggak Cuma berpengaruh ke metabolisme, lho. Kamu juga bisa sekalian membuang racun-racun kimia (misalnya : yang berasal dari asap knalpot, rokok, zat pewarna dan pengawet makanan) dari dalam tubuh kamu. Makan banyak sayur dan buah juga sangat mendukung kesehatan wajah. Kalau perlu, sering-sering mampir ke salon deh buat facial dan spa therapy. Selain untuk menjaga kandungan minyak di kulit, bisa sekalian buat rileksasi. Ahh..., segarnya! Terakhir, saat memutuskan memilih kosmetik, pastikan kamu benar-benar teliti. Yah, gimanapun juga, memilih koemetik itu susah-susah gampang kayak milih pacar aja. Salah-salah, malah dapat yang brengsek. Kosmetik juga begitu; pastikan kamu membaca bahan-bahan pembuatnya yang tercantum di label kemasan.

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 16, Juni 2014


Kategori 3

GLEDIS AMELIA PAMPUT Tgl. Lahir : 6 Maret 1995

MASYTAH SAHEL ABDULLAH Tgl. Lahir : 14 Agustus 1998

RANI EKA PUTRI Tgl. Lahir : 9 Juni 1996

IRENE INRIANI Tgl. Lahir : 21 November

NURYANDA JULIYANTHI Tgl. Lahir : 7 Juli 1993

SILVIANA PRICILIA Tgl. Lahir : 30 Mei 1992

Kategori 4

AGUNG REZKI PERDANA Tgl. Lahir : 13 Oktober 1995

ALY Tgl. Lahir : 12 Juli 1990

AWAL RESKI AWAN Tgl. Lahir : 12 Juli

MUHAMMAD ALIF BADDU Tgl. Lahir : 5 Desember 1989

RAKHMAT AIDUL FITRI ANTO Tgl. Lahir : 20 Juni 1989

SYAMSUL ANWAR Tgl. Lahir : 18 Juni 1991


IWAPINEWS

Berbagi TIPS di acara Seminar Kewirausahawan K3 FKM Unhas

P

ada hari bulan Mei yang baru lalu Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Makassar menyelenggarakan seminar “Kewirausahaan K3” (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) dengan mengambil tempat di Auditorium Prof. Amiruddin Universitas Hasanuddin Makassar. Tema yang dipilih adalah ‘Membangun jiwa entrepreneurship kreatif dan inovatif demi masa depan yang berkwalitas’. Pada kesempatan tersebut penyelenggara mengundang IWAPI Sulawesi Selatan selaku salah satu pembicara.

Acara seminar ini dibuka oleh Ir. Ali Mantung, Msi dan dihadiri oleh Ketua IWAPI Sulawesi Selatan, Ibu Ida Haris, Ketua HIPMI, Bapak Amirullah Abbas, para praktisi dari UNHAS, serta para undangan. Adapun pesertanya adalah 200 mahasiswa dari Fakultas Kesehatan Masyarakat. Dalam kesempatan ini, Ibu Ida selaku Ketua Iwapi memberikan penjelasan dan berbagi pengalaman kepada para mahasiswa calon pengusaha muda, bagaimana menjadi pengusaha muda yang sukses dan memiliki jiwa dan naluri bisnis yang kuat. IWAPI juga dengan senang hati siap membuka peluang untuk menerima para wanita pengusaha muda untuk menjadi anggota IWAPI. IWAPI dan HIPMI merupakan organisasi yang sangat mendukung akan lahirnya para entrepeneur muda yang kreatif dan inovatif yang memiliki jiwa dan semangat pantang menyerah (Nining)

12

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 16, Juni 2014


ASITANEWS

AKSI SAPU BERSIH PESISIR PANTAI LOSARI Kerjasama dengan Garuda, Disparegraf dan Disbudpar

P

ada hari Minggu yang baru lalu ASITA Sulawesi Selatan bekerja sama dengan Garuda, Disparegraf serta Disbudpar, serta HPI dan PHRI melakukan aksi menyapu pesisir pantai Losari.

Aksi tersebut diikuti oleh sekitar 150 anggota dan berlangsung sejak pukul 06.00 sampai pukul 09.00 pagi. Maksud dan tujuan dari aksi ini adalah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat luas agar selalu peduli terhadap kebersihan pantai, sehingga pantai tetap akan menjadi tempat rekreasi keluarga yang indah, nyaman dan bersih. Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya anggota ASITA, Ketua ASITA, Kadis Disparegraf Ibu Rusmayani Madjid, Sekretaris Disbudpar Sulsel Bapak Safruddin Rahim, anggota HPI, anggota PHRI.

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 16, Juni 2014

13


PRESTIST NEWS

PRESTIST Makassar Berulang Tahun yang Ke-2

14

PRESTIST Cabang Makassar memperingati ulang tahunnya yang kedua yang diselenggarakan di Hotel Best Western Sabtu tanggal 31 Mei yang lalu. Bagi PRESTIST Pusat, ini adalah ulang tahunnya yang ketiga. Organisasi kemasyarakatan ini dibentuk dengan tujuan diantaranya untuk membantu kaum duafa yang mempunyai anak yang berprestasi disekolah, untuk dicarikan ‘Ibu angkat’ untuk membiayai sekolah mereka sampai selesai Universitas dan bisa bekerja sehingga anak tersebut dapat mengangkat derajat keluarga serta dapat membahagiakan orang tuanya. Sebagai organisasi sosial kemasyarakatan yang umurnya baru dua tahun PRESTIST Cabang Makassar masih harus berjuang keras serta bersabar untuk dapat mencapai visi misi nya yang mulia itu. Pasalnya, tidak mudah mencari anggota baru yang bersedia menjadi ‘Ibu angkat’, tidak mudah untuk bisa mengetuk hati mengajak Ibu-ibu untuk berbagi dengan

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 16, Juni 2014

saudara-saudara kita kaum duafa yang masih belum beruntung tersebut. Sehingga dalam kurun dua tahun tersebut anggota PRESTIST masih berkisar diangka 25-an Ibu yang masing-masing telah memiliki ‘anak angkat’, ada Ibu yang punya 1 anak angkat ada juga yang punya 2 anak angkat. Padahal masih banyak ‘calon anak angkat’ yang menanti uluran tangan dari ‘Ibu angkat baru’. “Tapi semangat kami tidak pernah surut untuk terus membangun dan membesarkan organisasi ini”, tutur Bunda Dally Kahar yang pertama kali memimpin berdirinya PRESTIST Cabang Makassar yang sekarang menjadi Pembina. Bagi ibu-ibu sibuk dan ingin ikut menjadi Ibu angkat, maka dapat mempercayakan pada kami untk menyalurkannya kepada anak-anak yang membutuhkan, dan Ibu dapat menghubungi langsung Bunda Dally Kahar sebagai Pembina melalui BBM dengan PIN 27697F8C.


HIJABERS NEWS

Beauty Talk

Cantik di Segala Usia Menghadirkan Widyawati

Hari sabtu tgl 31 Mei, bertempat di Gardenia Room Best Western Hotel, Hijabers Mom Community Cabang Makassar bekerja sama dgn F 3 Y Production, di dukung oleh PT. Darya Varia menyelenggarakan event Beauty Talk dengan Thema “Cantik di Segala Usia�.

bisa memberikan manfaat bagi orang lain. Pada acara tersebut tidak hanya membahas seputar wanita dan kecantikan kulit namun juga menghadirkan komunitas Ariqah Muslimah, para stylish Hijab yang hadir memberikan tips dn trik hijab yang praktis, cantik dan trendy.

Acara ini dibuka oleh Fiera Katrini selaku Ketua Hijabers Mom Community Cabang Makassar. Beauty Talk ini memghadirkan Dr. MICHAEL REO, pakar kesehatan kulit dan Widyawati artis wanita senior yang juga merupakan salah satu Brand Ambassador dari produk PT. Darya Varia (Natur E).

Ada dua model yang diperagakan yaitu hijab untuk kerja dan hijab untuk santai. Dr. Michael tidak haya menjelaskan secara lengkap tentang kesehatan kulit, namun juga menjawab seluruh pertanyaan dari para peserta beauty talk. Yang menarik, PT. Darya Varia memberikan bingkisan cantik untuk beberapa pertanyaan terbaik. Acara ini dihadiri oleh berbagai komunitas perempuan di kota Makassar, mulai dari Hijaber Mom Community, Ariqah Muslimah, Prestist Mammiri, PTUD Dinas Pendidikan, Komunitas Perias Pengantin, dan undangan lainnya.

Kegiatan ini sendiri merupakan salah satu program kerja Hijabers Mom Community Pusat yang diselenggarakan secara bergantian di setiap kota yang merupakan Cabang dari HMC. HMC merupakan wadah berkumpulnya wanita muslimah yang bertakwa dan melaksanakan berbagai kegiatan positif. Kegiatan ini sejalan dengan visi dan misi dari HMC itu sendiri, yaitu menjadi sebaik baiknya manusia dan

Acara ini berlangsung dengan sukses dan dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi para undangan yang hadir. (Yessy

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 16, Juni 2014

15


PROFIL Ashari Ramadhan Rivay ‘Rama’ Owner Sushi Bizkid

MOTIVASi terbesar adalah KELUARGA Sebagai seorang anak yang dibesarkan di lingkungan pendidikan, Rama, yang sekarang menjadi salah satu anggota TDA Makassar ini, tak pernah berpikir sebelumnya untuk serius terjun ke dunia wirausaha. Rencana orang tuanya Rama harus sekolah di sekolah terbaik, kuliah di universitas terbaik, kerja di perusahaan terbaik, menikah, punya anak, punya cucu dan meninggal masuk surga. Tapi takdir mengatakan lain. Kesibukan sehari-harinya sekarang mengelola outlet ‘sushibizkid’ dan menjalankan the Bizkid Indonesia Consultant. Sushibizkid adalah konsep sushi gerobak ala kaki lima yang menyediakan menu makanan Jepang yang Halal, Enak, dan Murah. Kalau dulu orang taunya makan sushi itu harus ke Restoran Jepang yang elit dan sudah pasti mahal, maka sushibizkid menawarkan konsep yang berbeda. Pengunjung bisa menikmati sushi ala kaki lima, dengan gerobak, suasana yang lebih santai, halal dan tentunya ngga bikin bokek. “Alhamdulillah sekarang sushibizkid sudah memiliki 2 cabang di makassar yaitu Jl. A.P. Pettarani no.99 dan Jl. Haji Bau no. 40A”, tutur Rama. “Sushibizkid terinspirasi dari Fukuoka suatu daerah di Jepang yang memang terkenal dengan Yatai (kedai kaki lima)”, lanjutnya. Semula banyak yang ragu dengan sushibizkid, karena sushi bukanlah makanan yang familiar dengan lidah org makassar, apalagi banyak yang mengira sushibizkid adalah makanan mentah. Tapi menurut

16

Rama justru disitulah tantangan dan peluangnya. Sushi belum familiar karena harganya yg sangat mahal, makanya Rama berani memberi harga mulai Rp. 10.000,hingga Rp. 25.000,- dengan begitu orang makin penasaran ingin mencoba. Apalagi sushibizkid merupakan jenis fusion sushi yg sudah dimodifikasi sesuai lidah orang Indonesia, tidak menggunakan bahan mentah, dan paling penting Halal. Motivasi terbesarnya untuk wirausaha adalah keluarga, Rama ingin menghabiskan waktu dan membahagiakan keluarganya. Setelah sarjana Rama pernah bekerja di salah satu Bank swasta Regional Indonesia Timur dan Rama diterima tanpa tes untuk bekerja sebagai staff deputi (asisten deputi) namun cuma bertahan selama 5 bulan. Menurut Rama, terlalu banyak waktu yg tersita untuk pekerjaan dan terlalu sedikit waktu tersisa untuk keluarga. Rama punya mimpi yang ingin dikejar dan dia menyadari tidak akan mampu mendapatkan mimpi2 itu dengan tetap menjadi karyawan bertahun-tahun. Ramapun teringat salah satu kutipan “kalau kita bisa menggaji orang lain kenapa harus digaji oleh orang lain”. Setelah resign Rama harus kembali memilih jalan hidup. Pilihannya waktu itu adalah menikah atau buka usaha, karena modal yang ada waktu itu cuma cukup untuk salah satunya. Akhirnya Rama memilih untuk menikah, karena dia percaya dengan menikah akan membukakan pintu rezeki. Rama punya mimpi ingin memulai semuanya dari nol bersama istri tanpa bergantung dari orang lain. Dan alhamdulillah, dalam waktu 1 tahun

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 16, Juni 2014

Rama sudah berhasil membuka 2 cabang dan mempekerjakan 15 orang karyawan. Ada 3 hal yang dapat disimpulkannya dalam meraih keberhasilan Pertama Harus berani bermimpi, biar setinggi langit. Kedua Harus bangun dan mengejar mimpi dengan kerja keras. dan yang terakhir Ketiga Jangan lupa bersedekah. Dan itulah yang dijadikannya sebagai arah langkahnya dalam membangun usaha sekaligus memperkokoh hubungan keluarganya, tentu saja dengan dukungan yang luar biasa dari istri tercinta. Ramapun siap sudah dengan ‘mimpi barunya’. Nama : Ashari Ramadhan Rivay Panggilan : Rama twitter/email : @ramabizkid / ramabizkid@gmail.com Usaha : 1. @sushibizkid (kuliner/jajanan khas Jepang) 2. The Bizkid Indonesia (Architect & Design Consultant) Sekolah : • SD : Kartika Chandra Kirana VII-1 wirabuana • SMP neg. 6 Makassar • SMA neg. 2 Makassar • Fakultas Teknik jurusan Elektro Telekomunikasi Universitas Hasanuddin. Anak ke 2 dari 5 bersaudara yang kesemuanya Laki-laki. Ibu : Sylvia Sjam (dosen & guru besar di Universitas Hasanuddin) Ayah : Pensiunan Dinas Pertanian Provinsi Sul-Sel. • Lulus di Fakultas Teknik Elektro Universitas Hasanuddin tahun 2011 • Menikah dengan A. Syahriyunita ST, MT. di bulan Mei tahun 2012. kemudian membuka sushibizkid 16 September 2012


Info JAZZ MAKASSAR COMMUNITY (JMC)

3rd Anniversary JMC

JAZZ Makassar Community

J

azz Makassar Community atau yang lebih dikenal dengan JMC genap berusia 3 tahun pada tanggal 5 mei 2014. Pada usia ke-3 ini JMC berharap mampu meningkatkan solidaritas sesama member JMC. Pada perayaan ulang tahun ke 3 ini, kami tidak hanya menyelenggarakan serangkaian acara yang bernuansa party, tapi kami juga mencoba untuk memberi sedikit perhatian kepada masyarakat melalui kegiatan sosial. Pada kegiatan ini kami bekerja sama dengan mahasiswa (i) fakultas kedokteran UNHAS (calcaneus unhas) untuk mengadakan social charity diantaranya pemeriksaan kesehatan gratis, sunnatan massal di kabupaten bone pada tanggal 2930 april 2014. Alhamdulillah kegiatan ini mendapatkan respon positif dari masyarakat setempat, kurang lebih 300 pasien yang mendapatkan pelayanan kesehatan gratis dari kami dan ini merupakan suatu prestasi tersendiri dari JMC tanggal 14 mei 2014. Malam puncak ulang tahun JMC bertempat di SwissBelinN hotel, dihadiri oleh beberapa klub komunitas otomotif. Kegiatan ini dihadiri oleh ketua umum IMI ( Ikatan Motor Indonesia) dan juga ketua umum CCC (celebes car community) dan beberapa klub komunitas mobil di makassar. Malam puncak ulang tahun JMC ini sekaligus sebagai ajang silahturahmi sesama klub komunitas mobil dan juga member jmc. Kegiatan ini dirangkaikan dengan beberapa acara hiburan diantaranya dj perform, penampilan beberapa band indie makassar dan juga stand up comedy makassar. Acara tiup lilin pun berlangsung dengan meriah dan pemotongan kue pertama dilakukan oleh Ketua Umum JMC kanda Irfan. Kami sangat bersyukur kegiatan ini dapat berlangsung dengan lancar hingga di akhir rangkaian acara dan berharap JMC dapat lebih menjaga solidaritas dan kekompakan sesama member dan juga klub-klub komunitas otomotif. Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 16, Juni 2014

17


FASHION

Wardrobe : Butik Namira by Hesty Yusuf Junaidi Pin/Hp : 2A447314 / 0816 253 517, 08219395 5488 Model : Nurul Masyita Khairani Islamiyah Fotografer : Dede Hijab Stylist : Lia Mashuri Lokasi : Phinisi Ballroom, Grand Clarion Hotel Harga Wardrobe : Rp. 1.500.000

18

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 16, Juni 2014


FASHION

Wardrobe Pin/Hp Model Fotografer Hijab Stylist Lokasi Harga Wardrobe

: Butik Namira by Hesty Yusuf Junaidi : 2A447314 / 0816 253 517 08219395 5488 : Qisthi Alifitriah : Dede : Lia Mashuri : Phinisi Ballroom, Grand Clarion Hotel : Rp. 1.500.000 Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 16, Juni 2014

19


FASHION

20

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 15, Mei 2014

Wardrobe : Butik La GALIGO by Gemala & Itja Alamat Butik : Sentra Bazaar Panakkukang (Eks Makasa/Pasar Segar) KBB40 Hp : 087885066985/08135619925 Email : lalaanjani@yahoo.com Model : Nurul Dewinta Fotografer : Endang ‘Topaz Image Studio’ Harga Wardrobe : IDR 990.000


Wardrobe : Butik La GALIGO by Gemala Anjani & Itja Alamat Butik : Sentra Bazaar Panakkukang (Eks Makasa/Pasar Segar) KBB40 Hp : 087885066985/08135619925 Email : lalaanjani@yahoo.com Model : RATU ANNISA (Juara I Icon Sutera Makassar 2014 yang diadakan Sentra Bazaar Panakkukang Fotografer : Endang ‘Topaz Image Studio’ Harga Wardrobe : IDR 900.000

FASHION

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 15, Mei 2014

21


Wardrobe Alamat Butik No. Kontak Model Fotografer Lokasi Harga Wardrobe

22

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 16, Juni 2014

: Butik HOUSE OF YUZU by Rina Tamam : Jl. Kintamani 48b, Perum Baruga Antang : 081356243060 : Ratu : Baso Imbang : Hotel Sahid Makassar : Rp. 5.000.000,-


Wardrobe Alamat Butik No. Kontak Model Fotografer Lokasi Harga Wardrobe

: Butik HOUSE OF YUZU by Rina Tamam : Jl. Kintamani 48b, Perum Baruga Antang : 081356243060 : Ratu : Baso Imbang : Hotel Sahid Makassar : Rp. 2.000.000,-

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 16, Juni 2014

23


24

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 16, Juni 2014

Warddrobe Alamat Butik No. Kontak Model Fotografy Lokasi Harga Wardrobe

: Butik LUTHFIAH by Mahdalia : Kompleks IDI Pettarani Blok H2/9C : 085342037004 : Ratu : Baso Imbang : Hotel Sahid Makassar : Rp. 1.750.000,-


Warddrobe Alamat Butik No. Kontak Model Fotografer Lokasi Harga Wardrobe

: Butik LUTHFIAH by Mahdalia : Kompleks IDI Pettarani Blok H2/9C : 085342037004 : Nadila : Baso Imbang : Hotel Sahid Makassar : Rp. 2.750.000,-

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 16, Juni 2014

25


BEAUTY&WELLNESS

SPA SEBAGAI USAHA PARIWISATA Pemerintah Indonesia dalam hal ini diwakili oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tampaknya mulai serius untuk membenahi industri pariwisata SPA. Usaha-usaha Pariwisata melalui Undangundang No.10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan seperti tertuang dalam Bab.IV pasal 14 tentang Usaha Pariwisata maka telah ditentukan 13 jenis klasifikasi usaha pariwisata termasuk didalamnya usaha SPA. Hal ini telah disosialisasikan dan di sambut sebagi peluang usaha yang terbuka terutama bagi kota dan daerah yang saat ini telah menjadi tujuan wisata di Indonesia. Dengan diberlakukannya UU No.10 tahun 2009 ini pada tahun 2010 maka peluang usaha SPA semakin jelas keberadaannya dalam perkembangan usaha pariwisata Indonesia. Masih banyaknya usaha pengusaha SPA yang belum memahami tentang usaha SPA Indonesia telah mendorong pemerintah dalam hal ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melakukan sosialisasi usaha SPA. Kendala saat ini di dunia industry SPA adalah kurangnya sumber daya manusia (terapis SPA) yang sudah terlatih atau mau dilatih untuk mengisi lowongan kerja di industry SPA. Banyak Lembaga Kursus dan Keterampilan yang ada di Indonesia kurang melakukan pelatihan di bidang SPA. Masalah utamanya adalah adanya stigma negative bahwa SPA adalah bisnis hiburan dan bukan bisnis kesehatan masyarakat.

26

Lembaga Kursus dan Keterampilan The Secrets SPA and Beauty Training Centre yang dipimpin oleh Henny Anastasia S.Pd.M.E telah melakukan kerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif , pemerintah provinsi maupun kabupaten/ kota untuk mendorong penyediaan dan ketersediaan tenaga terapis SPA dengan mengadakan pelatihan secara gratis kepada remaja dan ibu muda untuk mengikuti pelatihan terapis SPA. Sejak 2008 pelatihan telah dilakukan setiap tahun di beberapa daerah yang memiliki potensi usaha pariwisataSPA. Bagi pengusaha yang ingin belajar mengenai usaha pariwisata SPA juga ada pelatihan manajemen dan bisnis SPA yang bisa membantu pengusaha SPA membangun usaha SPA di daerahnya masing2. Pelatihan yang dilakukan di The Secrest SPA and Beauty Training Centre telah menggunakan Standar Kompetensi Kerja Indonesia (SKKNI) dan standar Internasional. Setiap peserta pelatihan akan diuji kompetensinya dan diberikan sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). The Secrets SPA and Beauty Training Centre sebagai salah satu mitra kerja LSP SPA Nasional juga telah melatih para SDM nya dan para terapis yang berada dalam bimbingan dan pelatihan untuk bersiap

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 16, Juni 2014

Penulis : Henny Anastasia S.Pd.M.E (SPA and Beauty Consultant The Secrets SPA)

mengikuti uji kompetensi dan uji profesi yang segera akan dilakukan di seluruh Indonesia. Diharapkan dalam tahun ini 1500 terapis SPA akan mendapat Sertifikasi Kompetensi yang dilakukan diseluruh Indonesia. Pengusaha dan terapis SPA yang bersedia mengikuti pelatihan tersebut dapat mendaftarkan diri di The Secrets SPA and Beauty Training Centre melalui email : henny_anas@yahoo.co.id atau telephone : 0411.424217, 424219. Mall Panakkukang Lantai 3 Mezanine. Makassar


YOGA

MEDITASI dan GERAKAN YOGA HAMIL / PRENATAL Manfaat Dalam 3 Semester Masa Kehamilan

Prenatal yoga adalah program yoga khusus untuk kehamilan dengan tehnik dan intensitas yang disesuaikan dengan kebutuhan fisik dan psikis ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Setelah di edisi yang lalu kita membahas tentang yoga kehamilan, saat ini kita lebih mendalam membahas tentang yoga hamil atau prenatal yoga. Program ini menekankan pada tehniktehnik postur yoga, olah nafas, rileksasi, tehnik-tehnik visualisasi dan meditasi yang berguna sebagai mediaself help yang member kenyamanan, ketentraman dan sekaligus memperkuat diri saat hamil. Dalam prenatal yoga ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan yaitu manfaat fisik dan dan mental bagi ibu hamil. Manfaat fisik : - Melatih postur tubuh yang baik, tegap dan kuat di sepanjang kehamilan - Melancarkan aliran darah, melancarkan supply oksigen, nutrisi dan vitamin dari makanan ke janin - Menguatkan otot punggung, membuatnya lebih kuat untuk menyangga beban kehamilan dan menghindarkan dari cedera punggung dan sakit pinggang. - Melatih otot—otot dasar panggul – perineum yang berfungsi sebagai otot kelahiran, untuk kuat menyangga beban kehamilan dan juga menyangga kandung kemih dan usus besar. Semakin elastic otot dasar panggul semakin mudah untuk menjalani proses kelahiran dan juga semakin cepat pula menjalani proses pemulihan pasca melahirkan - Membantu mengurangi/mengatasi ketidaknyamanan fisik selama kehamilan seperti morning sickness, sakit punggung, pinggang dan weak bladder, heartburn, konstipasi/sembelit, dll Manfaat mental : - Menggunakan tehnik-tehnik pernafasan yoga untuk menenangkan diri dan

memusatkan pikiran. Sebagai media self help yang akan membantu saat dilanda kecemasan dan ketakutan, atau saat kehamilan tercerai berai atau saat perhatian terjebak dalam kemacetan lalu lintas pikiran - Menggunakan tehik pernafasan yoga untuk mengumpulkan energy dan prana - Menggunakan tehnik relaksasi untuk menginduksi rasa nyaman dan rileks di sepanjang kehamilan dan saat melahirkan. Menjaga otot—otot tubuh tetap rileks saat melahirkan Manfaat spiritual : - Menggunakan tehnik-tehnik pemusatan pikiran dan meditasi yang bermanfaat untuk berkomunikasi dengan si buah hati dan meninggalkan keterikatan /bonding dengannya - Meningkat ketenangan dan ketentraman batin selama menjalani kehamilan. - Memandang segala sesuatu secara apa adanya dan membantu saat ketakutan melanda untuk tidak terkuasai oleh rasa takut - Meningkatkan inner peace, penerimaan diri dan kepasrahan saat melewati semua kesulitan dalam proses kehamilan dan kelahiran. - Meningkatkan kemampuan untuk merasa bahagia. MEDITASI dalam arti sesungguhnya di dalam bahaya yoga adalah ; Kesadaran , kesadaran yang dilakukan secara sengaja untuk menghentikan proses pikiran segala macam menjadi sadar untuk satu pikiran saja. Ini bisa melatih seseorang untuk mencapai suatu konsentrasi dalam melakukan sesuatu hal tanpa diganggu dengan berbagai macam pikiran yang berat. Dewasa ini meditasi meditasi sangat berkembang sebagai bentuk cara pencapaian konsentrasi seseorang untuk mencapai kedamaian batin,

Penulis : Liza Lolita

relaksasi dan memfokuskan pikiran pada satu pikiran yang berguna untuk kepentingannya pada waktu itu, konsentrasi mengenai kesehatannya ataupun kondisi kehamilannya. Dalam kaitannya dengan kehamilan, meditasi sangat berguna untuk membantu tubuh dan pikiran mencapai keharmonisan dan keseimbangan. Meditasi juga dapat membuat seorang ibu lebih relaks dan rasa lelah mereda. Manfaat meditasi ; - Meningkatkan rasa nyaman selama hamil dan ketenangan sepenuhnya - Lebih bisa mengontrol emosi karena ketidaknyamanan selama hamil - Memperlancar peredaran darah sehingga tekanan darah bisa tetap teratur dan lancar - Secara teratur membawa nutrisi dan oksigen kepada si kecil dengan sangat berkualitas - Membuat pikiran si Ibu lebih terbuka dan tenang untuk lebih mempererat jalinan batin yang lebih kuat dengan si kecil - Menambah kualitas di otak si kecil karena asupan oksigen yang maksimal, disebabkan pada saat meditasi si ibu sangat konsentrasi melakukan pernafasan yang sangat teratur dan dalam. Seorang Ibu sangat berperan terhadap generasi berikutnya untuk menjadi manusia yang lebih berkualitas karena kesehatan fisik yang tinggi dan mental yang stabil. Semua itu hanya bisa didapat dengan kegiatan yang positif oleh sang Ibu selama masa kehamilan. Gerakan –gerakan dan kegiatan di atas sangat menunjang hal tersebut bisa tercapai. Mudah-mudahan tulisan ini bisa bermanfaat untuk mengajak ibu-ibu yang sedang dalam masa kehamilan untuk lebih memperhatikan kualitas kesehatannya dan calon bayinya dan juga kualitas si kecil di dalam kandungannya. Akhirnya kita bisa menghasilkan generasi yang kuat dan sehat serta memiliki kecerdasan yang tinggi.

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 16, Juni 2014

27


WISATALUAR NEGERI

PA R I S PART TWO (END) Teks & Foto : STEVE LAFIAN

M

atahari mulai menampakkan sinarnya ketika kopi hitam perlahan lahan saya seduh. “Ah another morning in this lovely city!� gumam saya. Hari ini saya ingn mengexplore sisi lain dari kota Paris. Saya ingin menuntaskan rasa penasaran saya mengenai keglamouran kota ini. Pagi hari ini diawali dengan mengunjungi Istana Versailles yang berada di pinggir kota Paris, sekitar 20km dari ibukota Prancis tersebut. Istana ini merupakan pusat pemerintahan dari Negara Prancis dari tahun 1682 hingga terjadinya Revolusi Prancis. Di tempat ini banyak kita temui patung dan lukisan yang menggambarkan keagungan para bangsawan dulu dan kesatriaan Napoleon Bonaparte, seorang tokoh yang masih menjadi idola bagi bangsa Prancis. Hingga saat ini pun kawasan Versailles masih menjadi kawasan mahal dimana di sekitarnya kita dapat temui rumah rumah mewah berdiri megah.

28

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 16, Juni 2014

Sehabis puas berkeliling kawasan Versailles dan mendapati keglamouran Paris masa lampau, saya pun bertolak kembali menuju pusat kota Paris untuk mencari keglamouran Paris masa kini. Kawasan Champ Elysee menjadi tujuan pertama. Jalanan sepanjang 1,91km yang terbentang dari Place de la Concorde hingga ke Arc de Triomphe ini didaulat berkali kali oleh majalah majalah travel sebagai jalanan terindah di dunia. Kiri kanan jalan ini berjejer rapi mulai dari butik butik fashion, bioskop, kafe kafe hingga LIDO show (show cabaret Prancis yang melegenda). Di jalan ini saya sudah membuat reservasi makan di restoran Laduree, sebuah toko kue Prancis yang terkenal memproduksi macaroons sejak tahun 1862. Kali ini saya tidak akan mencicipi macaroons nya yang sudah dijual hingga ke Singapura, tapi kali ini saya akan mencoba foie gras, sebuah masakan dari liver bebek yang merupakanmakanan khas di Prancis di restoran unik milik Laduree ini.


WISATALUAR NEGERI

Puas bersantap, saya melanjutkan perjalanan menuju ke jalan Rue du Faubourg Saint-HonorĂŠ, sebuah jalan yang disebut paling fashionable di seluruh dunia disebabkan oleh berjubelnya merk merk ternama dunia mulai dari Hermes, Channel, dan lain lain. Jalanan ini merupakan jalan kecil, sehingga membuat nyaman para fashionista ketika ingin berjalan dari satu toko ke toko yang lain. Barang barang terbaru dari merk merk tersebut seringkali pertama kali diluncurkan di butik butik di jalan Saint Honore ini sehingga jalan ini merupakan jalan wajib yang harus dikunjungi jika anda penikmat fashion dari merk merk tersebut.

Ketika waktu sudah mulai larut, selepas makan malam saya naik ke Eiffel untuk menikmati suasana Paris pada malam hari. Naik ke eiffel pada malam hari merupakan opsi yang lebih baik jika anda punya waktu, dikarenakan apabila anda ingin naik pada siang hari siap siap saja ngantri 1-2 jam bersama dengan ribuan wisatawan lainnya, dan juga bukankah Paris yang dijuluki the city of light baru memancarkan cahayanya pada malam hari?

Tentang Penulis : Steve Lafian (instagram:@stevelafian) ­merupakan tour leader dan travel advisor dari PT Suita Tour & Travel yang telah memiliki pengalaman lebih dari 8 tahun menjadi pemandu wisata. Telah berulang kali memimpin rombongan para pesohor negeri mulai dari ibu Fatima Kalla, Bpk Gubernur Syahrul YL hingga pemilik Musica Studio (Peterpan, Afghan,Nidji) Ibu Acin Santoso. Silahkan merequest Steven untuk menjadi tour leader anda dengan mengambil paket perjalanan dari PT Suita Tour & Travel ( 04113613164)

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 16, Juni 2014

29


WISATALOKAL

Tour Dengan Kapal Pesiar Melalui Bali, Singapore

B

elum banyak celebrity Indonesia ingin melepas lelahnya berlibur di Kapal Pesiar, mungkin belum cukup informasi mengenai kenyamanan dan kehebatan pelayanan di sebuah kapal pesiar. Ada beberapa Cruises Club yang sudah melewati Pulau Dewata dan berlabuh di Pelabuhan Benoa Bali sebagai pelabuhan favorit untuk Indonesia. Penulis berusaha mendekati Kapal Pesiar “Celebrity Solstice� yang dapat menampung 1500 tourist dari berbagai Negara di Planet ini. Yang berlayar dari Benua Amerika, Afrika, Eropa, Asia Selatan, Singapore, Jepang, Hawai dan menyeberang lagi ke Amerika Selatan

Penulis : Ilsa Sopamena. P GM Caraka Travelindo

dan selanjutnya ke Alaska. Penghuninya terlihat santai dan lebih bersahabat dibanding penghuni hotel di darat. Mereka hidup santai karena semua fasilitas dapat ditemui di Kapal pesiar. Mulai dari jogging dipagi hari sampai fitness yang berkualitas dapat ditemui disini. Restaurant yang bertaraf international, spa yang benarbenar sentuhannya adalah kesehatan total mulai dari kesehatan kulit sampai ke perawatan wajah dapat ditemui juga di Cruise Club. Celebrity memang kelasnya aduhai jadi pasti pelayanannya pun top class. Jika ingin merasakan nikmatnya bermalam di cruise club, silahkan menanyakan informasinya pada Travel Agent Professional di kota anda.

Kapal Pesiar Celebrity Solstice berlabuh di perairan Bali

Motor Pendukung Kapasitas 120 Penumpang

30

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 16, Juni 2014

Sistem menangani tamu mancanegara dengan Guest No.


WISATALOKAL

Ruang Kamar setiap Lantai

Kapal Pesiar Azamara Cruises Club Kapal pesiar yang lebih kecil pun ada, misalnya Azamara Club Cruises yang sudah mempunyai jalur tetap BaliPalopo-Semarang-Singapore. Fasilitasnya juga tidak kalah mengiurkan, semua makanan bebas bagi anda hanya datang on time waktu makan siang dan makan malam secara Free. Fasilitas olah raga jogging track sudah disiapkan dan Fitness, spa serta reflexyology yang lengkap, jackpot dan banyak lagi fasilitas lainnya.

Top Deck Azamara

Kamar Tidur Tourist

Restaurant

Azamara Club Dining Hall

Sebagai pintu gerbang ke Asia Tenggara, Singapura merupakan pelabuhan singgah pilihan bagi banyak jalur kapal pesiar. Dengan lokasinya yang ideal di tengah-tengah Asia Tenggara, Singapura adalah pusat persinggahan pelayaran dengan berbagai jalur wisata yang luas ke pesona dunia lama maupun atraksi dunia baru yang menarik di kawasan ini.

kuno yang mempesona, serta pantai-pantai berpasir putih. Berbelanja dan bersantap bersama keluarga di kota-kota yang semarak seperti Kuala Lumpur atau Pilipina bersantai di pantai-pantai di Langkawi, atau Ha Long Bay, Bali, Palopo (Toraja), Semarang yang terkenal di dunia. Agar semakin dekat dengan alam, saksikan binatang Komodo dari masa prasejarah di Taman Nasional Komodo di Indonesia atau kunjungi Pusat Rehabilitasi Orang Utan di Kalimantan. Dengan total 28 situs Warisan Dunia UNESCO di kawasan ini, termasuk reruntuhan arsitektur di Angkor di Kamboja dan kota sejarah Ayuthaya di

Thailand, tak ada dua negara di Asia Tenggara menawarkan pengalaman yang sama.

Sebagai jalan masuk ke seluruh kawasan ini, berlayar dari dan ke Singapura dapat membawa Anda ke hutan tropis yang lebat, pasar terbuka yang semarak, kota-kota

Saat berlayar di sepanjang kaki langit, pemandangan cakrawala kota Singapura yang menawan akan mengubah liburan Anda berkapal pesiar menjadi perjalanan yang dikenang seumur hidup. Untuk rute baru ke Sulawesi Selatan sedang dijajaki situs baru dan yang mendapat pengesahan badan dunia seperti Karst Tower Maros yang dapat menarik wisatawan mancanegara termasuk tour industry klas dunia di ketiga Danau Matano, Mahalon dan Danau Towuti melalui Sorowako.

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 16, Juni 2014

31


ETNIK

K e b aya

Penulis : Gemala Anjani owner Roemah Kabaya 17& La galigo by gemala (Sentra Bazaar Panakukkang KBB 40) email :Â lalaanjani@yahoo.com

Model diperagakan oleh Priska Adnan Yasin Limpo, wardrobe by roemah kabaya 17

Kebaya merupakan salah satu jenis busana yang dianggap paling ideal dengan konsep feminitas dalam citra keanggunan perempuan indonesia. Kebaya juga pernah menjadi lambang emansipasi perempuan indonesia melalui representasi yang menghubungkan kebaya dengan tokoh kebangkitan perempuan indonesia yaitu Raden Ajeng Kartini. Dalam setiap acara peringatan hari kartini yang dilaksanakan setiap tahun pada tanggal 21 April, para siswi,remaja putri dan ibu ibu tampil khusus dengan mengenakan busana tradisional. Salah satu diantaranya adalah kebaya. Baju kebaya sendiri adalah pakaian tradisional yang dikenakan oleh wanita Indonesia dan Malaysia yang dibuat dari kain kasa yang dikenakan dengan sarung, batik atau pakaian tradisional yang lain seperti songket dengan motif warna warni. Asal kata kebaya berasal dari kata arab abaya yang berarti pakaian. Dipercaya kebaya berasal dari Tiongkok ratusan tahun yang lalu. Lalu menyebar ke Malaka,

32

Jawa, Bali, Sumatera dan sulawesi. Setelah akulturasi yang berlangsung ratusan tahun, pakaian itu diterima di budaya dan norma setempat. Sebelum 1600, di pulau Jawa, kebaya adalah pakaian yang hanya dikenakan keluarga kerajaan disana. Selama masa kendali Belanda di pulau itu, wanita wanita Eropa mulai mengenakan kebaya sebagai pakaian resmi. Selama masa ini, kebaya diubah dari hanya menggunakan barang tenunan mori menggunakan sutera dengan sulaman warna warni. Bagi seorang wanita Jawa, kebaya bukan hanya sebagai sebatas pakaian. Lebih dari itu kebaya juga menyimpan sebuah filosofi tersendiri. Sebuah Filosofi yang mengandung nilai nilai kehidupan. Keberadaan kebaya di Indonesia bukan hanya menjadi salah satu jenis pakaian. Kebaya memiliki makna dan fungsi lebih dari itu. Bentuknya yang sederhana bisa dikatakan sebagai wujud kesederhanaan dari masyarakat Indonesia. Nilai filosofi dari kebaya adalah kepatuhan, kehalusan dan tindak tanduk wanita yang harus serba

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 16, Juni 2014

lembut. Kebaya selalu identik dipasangkan dengan jarik atau kain yang membebat tubuh. Kain yang membebat tubuh tersebut secara langsung akan membuat siapapun wanita yang mengenakannya kesulitan untuk bergerak dengan cepat. Itulah sebabnya mengapa wanita Jawa selalu identik dengan pribadi yang lemah gemulai. Mengenakan kebaya akan membuat wanita yang mengenakannya berubah menjadi seorang wanita yang anggun dan mempunyai kepribadian. Potongan kebaya yang mengikuti bentuk tubuh mau tidak mau akan membuat wanita tersebut harus bisa menyesuaikan dan menjaga diri. Stagen yang berfungsi sebagai ikat pinggang, bentuknya tak ubah seperti kain panjang yang berfungsi sebagai ikat pinggang. Namun justru dari bentuknya yang panjang itulah nilai nilai filosofi luhur ditanamkan, merupakan simbol agar bersabar/jadilah manusia yang sabar, erat kaitannya dengan pribahasa Jawa� dowo ususe� atau panjang ususnya yang berarti sabar.


KISAH

Lingkaran Pergaulan

S

ebagai manusia, kita tidak bisa lepas dari hubungan dengan manusia/ lingkungan disekitar kita. Pastinya, kita membutuhkan lingkungan dimana kita harus dan bisa memilih ingin berada di lingkungan manapun kita ingin berada. Masa kanak kanak saya, puluhan tahun yg lalu,seingat saya,saya belum bisa memilih lingkungan seperti apa yg saya ingin berada di dalamnya,saya tahunya,saya harus pergi bersekolah setiap pagi, pergi ke les ini itu, pergi belajar mengaji, dan kemudian mendapati hari libur dimana saya bisa bermain dan membaca sepanjang hari. Dan itu semua notabene adalah bentuk lingkungan dimana i have to be there, alias saya harus berada disana. Karena bersekolah,kursus ini itu, mengaji, adalah kewajiban dasar bagi kanak kanak di jaman saya dulu. Saya baru bisa memilih lingkungan pergaulan/pertemanan,pada saat saya memasuki dunia kuliah, saya bisa memilih dengan leluasa,siapa siapa teman yang bisa berada di lingkaran pergaulan saya, dan di masa kuliah ini kemudian saya menemukan beberapa sahabat yang masih dan mudah mudahan akan awet sampai seterusnya. Ok, than now, usia saya tidak lagi muda, tahun ini saya menginjak usia 35 tahun, dulu saya tidak pernah membayangkan, jika di usia sekarang,saya masih di haruskan untuk tetap selektif dalam memilih teman teman untuk dimasukkan di dalam lingkaran pertemanan dan pergaulan saya. Kenyataannya, tuntutan profesi, pekerjaan dan kegiatan, membuka banyak kesempatan untuk bertemu dengan banyak teman teman baru dan pergaulan. Apalagi didukung oleh akibat dari tingginya penggunaan dan kebutuhan akan sosial media, ada banyak pertemanan yang awalnya bahkan dimulai dari sosial media. Nah, bagi saya, itu seperti PR (pekerjaan rumah) yang butuh waktu yang agak lama untuk menyelesaikannya. Teman yang saling bermanfaat dalam hubungan bisnis, harus kita pelajari karakter dan kebiasaannya, supaya bersinergi menambah manfaat bagi kebutuhan bisnis kita masing masing,teman teman yang melakukan kontak personal karena kesamaan dalam hobby dan beberapa kegiatan,begitu pun polanya. Kita tidak bisa langsung begitu saja menilai apalagi memutuskan bahwa sesuatu dan seseorang benar atau salah,bagus atau jelek. Kita butuh waktu untuk menilai dan

Oleh : Imma Wicaksono

menentukan mana yang baik dan yang harus kita sikapi sesuai porsinya masing masing. Kerap kali kita memang selalu bersentuhan dengan hal hal baru dalam kehidupan kita, semakin sering kita bertemu dengan sesuatu, seseorang, sekelompok atau lingkungan baru,maka kita tentunya harus semakin bijak dalam memilah milih dan memposisikannya dalam lingakaran pergaulan dan pertemanan kita. Saya pun bukan orang yang expert dalam hal itu,saya lalu jadi ingat janji salah seorang teman baik, yang selalu saya posisikan sebagai mentor saya dalam hubungan kami dalam pertemanan,saya memanggilnya dengan tambahan kakak di depan namanya,selain karena usianya yang memang sedikit diatasku, juga karena dari segi pengalaman hidup,saya menganggap diri saya jauh dibelakangnya, yeayy Kak Nov (Novita Sutopo), tentang lingkaran pergaulan & pertemanan ini,masih banyak kan yang harus dishare ke saya,hehehe. Dalam lingkaran pertemanan kita, kita tidak pernah tahu,teman mana yang akan membuka celah celah keberuntungan kita,teman yang akan memberikan informasi yang kita butuhkan,teman yang memberikan solusi atas masalah yang kita hadapi, teman yang kelak akan menjadi sahabat hingga kita menua. Saya selalu percaya,bahwa setiap pertemuan dan pertemanan akan membawa manfaat untuk salah satu atau kedua belah pihak. Syukur syukurjika kita adalah pihak yang selalu membawa kebaikan pada orang lain dan Alhamdulillah jika kita pun bisa mendapatkan manfaat atau hal positif dari pertemanan itu. Bagi saya pribadi, bahkan orang orang yang pernah menyakiti, mengkhianati, memfitnah, mendzalimi adalah orang orang yang menambah dinamika pertemanan saya. Saya jadi tahu jika ada orang yang bersifat dan berkarakter negatif, kemudian saya bercemin, diperlakukan dengan tidak adil tentu sangat menyakitkan dan membuat saya sedih, jadi paling tidak,hikmahnya buat saya adalah saya tidak ingin berbuat negatif pada

siapapun (dengan disengaja,beda jika kita melakukannya karena khilaf) Jika ada seseorang, 2 orang, atau bahkan sekelompok orang yang menilai saya negatif dengan segala alasan mereka masing masing,saya bisa pastikan, mereka tidak mengenal saya dalam, mereka dangkal dalam menilai saya. Bisa saja mereka menilai berdasarkan dari satu atau lebih kejadian, lalu membuat kesimpulan, seperti itulah saya seutuhnya. How ever,buat saya,teman teman yang berada dalam lingkaran pertemanan saya adalah yang selalu memberikan

dukungan moril, itu yang terpenting. Yang memberikan aura dan energi positif dalam kehidupan saya. Orang orang negatif terhadap saya, tentunya berada pada lapisan paling luar dalam lingkaran pertemanan saya, saya tidak perlu berkomunikasi intens dan banyak pada mereka,tapi saya akan selalu menghargai mereka. Selamat berkasih kasih dalam hubungan pertemanan,seperti judul buku yang pernah saya baca “never eat alone� berbagi kebaikan dengan tulus adalah salah satu hal terbaik dalam hidup. (follow me @immawicaksono)

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 16, Juni 2014

33


GRAFOLOGI

Ukuran tulisan menentukan Ukuran Kepercayaan diri Oleh : Seftian Hidayat A.md BA

Penulis adalah seorang Praktisi Grafologi, Face Reader dan Inspirator pertama dikota Makassar, Sapa ia di social Media Facebook : Seftian Chow dan Twitter : @SeftianChow

K

epercayaan diri berpengaruh dalam peningkatan karier sese­ orang baik dalam pekerjaan mau­ pun dalam pergaulan sehari-hari. Didalam pekerjaan ketika kita memiliki kepercayaan yang baik kita akan mudah mengomunikasikan ide-ide, gagasan, serta melakukan sosialisasi baik sesama pekerja atau atasan sehingga kita dikenal sebagai orang yang supel, terbuka dan berfikiran maju. Didalam pergaulan juga demikian ketika kita memiliki kepercayaan diri yang baik kita akan mudah bergaul, mudah akrab sehingga dapat meningkatkan networking dan relasi. Masih banyak lagi kelebihan yang bisa dikembangkan ketika kita percaya diri. Namun dewasa ini masih banyak orang yang tidak percaya diri dan kemampuan dirinya sendiri. Brendan Francis pernah mengatakan “ Apabila anda tidak percaya diri sendiri, Jangan salahkan orang lain yang tidak mempercayai Anda. “ dari pernyataan diatas bisa diambil kesimpulan bahwa ketika orang tidak percaya akan kemampuan dirinya sendiri wajarlah kalau ia kurang dipercaya dan menjadi hambatan kesuksessan kariernya. Namun bagi anda yang kurang percaya diri jangan berkecil hati, Grafologi (Ilmu Analisis tulisan Tangan) memiliki cara khusus untuk mengubah atau menemukan sisi-sisi positifnya dari kepercayaan diri seseorang. Sehingga dapat dimanfaatkan untuk menjadi lebih baik dan lebih sukses. Dalam grafologi untuk mengidentifikasi kepercayaan diri seseorang cukup dilihat dari ukuran huruf ketika ia sedang menulis. Ukuran standar huruf yang ideal dalam

34

grafologi adalah tinggi huruf 3 mm, jika lebih tinggi dari 3 mm maka tulisan anda tergolong jenis tulisan dominan besar jika sebaliknya tulisan anda tergolong dominan kecil, berikut arti yang lebih lengkap untuk karakter yang ditinjau melalui ukurannya : Dominan Besar Memiliki kepercayaan diri yang baik, mudah bersosialisasi, mampu mengomunikasikan ide atau gagasan dengan baik. Namun memiliki kekurangan cenderung sangat ingin diakui, Senang diperhatikan dan dipuji. Bidang-bidang pekerjaan yang cocok seperti Entertain, MC, Penyiar radio, Marketing, penyanyi dan bidang-bidang lainnya yang membutuhkan kepercayaan diri yang baik.

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 16, Juni 2014

Dominan Kecil Kurang percaya diri, tertutup, suka menarik diri dari pergaulan, namun ia memiliki konsentrasi yang baik dalam rentang waktu yang panjang terhadap sesuatu hal. Mampu Menempatkan diri dibawah kontrol yang ketat dan mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik (teliti). Baik bekerja di akuntansi, administrasi, perkantoran, dan pekerjaan lainnya yang membutuhkan konsentrasi yang baik Demikian Makna dari ukuran tulisan tangan semoga informasi ini mampu mengarahkan untuk mengembangkan potensi diri anda menjadi lebih baik dan lebih sukses.


UNTOLD STORY

Dulu, Ada Kereta Api di Makassar

P

ada masa kolonial Belanda, jawatan trasportasi perkere­ ta­apian dinamakan NV NISM atau Naamlooze Venootschap Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij. NV NISM di didirikan sekitar tahun 1867 dan yang menjadi pimpinan atau direktur pertama jawatan ini adalah Ir. J.P, de Bordes.      Pada tahun 1922, pulau Celebes (Sulawesi red) mendapat jatah pembangunan jalur kereta api sebagai sarana transportasi darat. Jalur kereta api pertama di wilayah ini adalah dibangunnya jalur kereta api Makassar ke Takalar dengan panjang jalur 47 Km. Jalur pertama kereta api di Sulawesi ini

dioperasikan sejak 1 juli 1923. Kemudian pihak NV NISM kembali membuat rute kereta api dari Makassar ke Maros, namun rute Makassar-Maros ini belum selesai disebabkan karena berkecamuknya Perang dunia II yang akhirnya Indonesia berganti penguasa ke penguasa baru Jepang. Lain penguasa lain pula kebijakannya, jalur kereta api di Sulawesi dimatikan oleh pemerintah pendudukan Jepang, dengan alasan daerah lain ada yang membutuhkan. Maka dibongkarlah rel-rel kereta api di Sulawesi, dan diangkut ke Myanmar beserta kereta apinya. Maka reduplah masa kereta api di bumi Celebes. *** (rus).

Kereta api pertama di Sulsel dibangunnya jalur kereta api Makassar ke Takalar dengan panjang jalur 47 Km. Jalur pertama kereta api di Sulawesi ini dioperasikan sejak 1 Juli 1923.

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 16, Juni 2014

35


MAKASSARIANA

Rambutan Rasanya? Bolehlah diadu. rambutan lego memiliki cita rasa yang manis dan isinya mudah terpisah dari bijinya. 36

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 16, Juni 2014

Lego

Buah Lokal Sulsel Rasanya? Bolehlah diadu. Rambutan lego memiliki cita rasa yang manis dan isinya mudah terpisah dari bijinya. Kalau di pasaran ada jenis rambutan aci atau binjai. Namun di Sulsel dikenal rambutan lego. Rambutan ini merupakan varietas hasil rekayasa tanaman yang dilakukan 2001. Buah ini hasil ‘perkawinan’ bibit varietas rambutan lokal di daratan Gowa yang sudah ada sekitar 40 tahun silam dengan bibit jenis rambutan lain dari luar daerah, semisal; ‘aci’ atau ‘binjai’. Dengan bantuan teknis Balai Benih Hortikultura, bibit varietas baru ini ditanam di sekitar Bendungan Bili-bili. Selang tiga tahun kemudian, berbuahlah rambutan jenis baru tersebut. “Karena manisnya seperti lengkeng, dan tumbuhnya di daratan Gowa, maka diberi nama ‘Lego’ akronim dari lengkeng Gowa,” jelas Zulkarnaen Arief, Ketua Kadinda Sulsel. Saat ini prospek rambutan lego yang banyak digemari. Oleh karenanya, lanjut Arief, pihaknya akan memfasilitasi para petani dan masyarakat yang berminat mengembangkan budidaya rambutan lego dan bisa menembus pasar mancanegara. *** (rus).


OMBUDSMAN

Jadi Legislator Berkat Andil Ombudsman

S

urya Resa Ade Putra akhirnya bisa merasakan empuknya kursi legislatif, meski hanya sekitar delapan bulan. Surya Resa resmi menjadi anggota DPRD Kota Pare-Pare dari Partai Pemuda Indonesia (PPI) dengan status Pergantian Antar Waktu sejak dilantik pada 24 Februari 2014. Tapi sebelum menduduki jabatan publik tersebut, Surya Resa harus menempuh jalan berliku hingga melapor ke Ombudsman RI Perwakilan Sulsel. Surya Resa melaporkan masalahnya ke Kantor Ombudsman Sulsel pada tanggal 23 Desember 2013, didampingi ibunya dan salah seorang anggota KPU Pare-Pare yang saat itu juga sedang mendaftar kembali sebagai anggota KPU Pare-Pare periode berikutnya. Pengaduan Surya Resa terdaftar secara resmi dengan nomor registrasi: 0201/LM/XII/2013/MKS. Dalam keterangannya kepada Asisten Ombudsman, Pelapor sudah mendapatkan Rekomendasi dari KPU Kota Pare-Pare berdasarkan Pleno KPU pada tanggal 3 Juli 2013, tapi terhambat di Kantor Pemerintah Kota, Pare-Pare. Pelapor merasa berhak menjadi anggota DPRD Kota Pare-Pare dari daerah pemilihan II Kecamatan Ujung karena menganggap dirinya memenuhi syarat sebagai Pengganti Antar Waktu. Menurut Pelapor, rekomendasi yang diterbitkan KPU Pare-Pare ditujukan ke Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Pare-Pare sebelum pelantikan Walikota

disampaikan oleh Sekretaris Dewan DPRD Kota Pare-Pare, akan tetapi melakukan pencermatan-pencermatan terhadap kelengkapan berkas sehubungan dengan adanya gugatan PTUN tersebut dan berkoordinasi kembali dengan Sekwan DPRD sehubungan dengan sengketa Pare-Pare tanggal 30 Agustus 2013. Pada intern dalam tubuh Partai Pemuda 10 September 2013, Sekwan DPRD PareIndonesia (PPI). Pare mengundang KPU Pare-Pare untuk Pada bagian lain surat tersebut memperjelas hasil plenonya dan KPU tetap berbunyi bahwa Pemerintah Kota Parepada keputusannya. Setelah itu Sekwan Pare telah meneruskan surat dari Ketua DPRD Pare-Pare melanjutkan surat SK DPRD Kota Pare-Pare tentang usul PAW ke Pemerintah Kota Pare-Pare. Dalam pengganti antar waktu anggota DPRD prosesnya, Pemkot Pare-Pare menahan surat Kota Pare-Pare atas nama Surya Resa Ade rekomendasi dari KPU Pare-Pare dengan Putra kepada Gubernur Provinsi Sulsel alasan masih ada proses hukum yang dengan melampirkan rekomendasi dari ditunggu di PTUN. Ketua KPU Kota Pare-Pare pada tanggal 30 Upaya yang sudah dilakukan adalah Desember 2013. menghubungi Ketua DPW Partai Pemuda Pada bulan Februari 2014, Gubernur Indonesia (PPI) untuk memperjelas posisi Sulsel menerbitkan Surat Keputusan yang berhak menjadi PAW dari PPI. Peresmian Pengangkatan Penggantian Sedangkan harapan Pelapor adalah : agar Antar Waktu Anggota DPRD Kota Pareproses PAW berjalan dengan semestinya Pare Sisa Masa Jabatan Tahun 2009-2014 tanpa di intervensi pihak luar; dan agar dengan Nomor SK: 347/II/Tahun 2014 Pemkot Pare-Pare menjalankan PKPU No. tanggal 13 Februari 2014. SK Gubernur 22/2010 yang diubah terakhir dengan PKPU tersebut menjadi dasar bagi pimpinan No. 3/2011. DPRD Kota Pare-Pare untuk melantik Surya Ombudsman Sulsel menindaklanjuti Resa Ade Putra pada tanggal 24 Februari pengaduan Surya Resa dengan mengirim 2014. surat permintaan klarifikasi ke Walikota Untuk memastikan bahwa Surya Pare-Pare pada tanggal 2 Januari 2014, Resa sudah mendapatkan haknya dan dengan tembusan salah satunya adalah sudah dilantik, maka Tim Ombudsman Gubernur Sulsel. Lalu mendapat balasan Sulsel melakukan kunjungan lapangan surat klarifikasi dari Pemerintah Kota Pareke Kantor DPRD Kota Pare-Pare pada Pare tertanggal 22 Januari 2014 yang tanggal 23 April 2014. Tim Ombudsman ditandatangani oleh Plt. Sekretaris Kota Sulsel bertemu dengan Kabag Hukum Pare-Pare, H. Kadarusman Mangurusi SE, DPRD Kota Pare-Pare dan menyatakan M.Si. bahwa Surya Resa sudah dilantik menjadi Isi klarifikasi tertulis dari Pemerintah Pengganti Antar Waktu Anggota DPRD kota Pare-Pare bahwa Pemkot PareKota Pare-Pare. (Muslimin B. Putra/Bidang Pare tidak bermaksud menahan surat Pencegahan Ombudsman RI Perwakilan rekomendasi dari KPU Pare-Pare yang telah Sulsel). Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 16, Juni 2014

37


Info SENTRA BAZAAR PANAKKUKANG

HUT Ke-3 Sentra Bazaar Panakkukang Dalam rangka HUT ke-3 Sentra Bazaar Panakkukang mengadakan Fun Walk & Fun Bike pada hari Minggu tanggal 25 Mei 2014 di Jl. Pengayoman, Panakkukang, Makassar. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat Makassar dimana seluruh peserta mempunyai kesempatan mengikuti Door prize dengan hadiah utama 1 paket Umrah serta jutaan hadiah lainnya diantaranya 7 DP Umrah dari beberapa sponsor dan home appliances. Selain kegiatan Fun Walk dan Fun Bike, peringatan HUT ke-3 Sentra Bazaar Panakkukang juga mengadakan Lomba mewarnai tingkat TK dan SD dan performance fashion show yang menampilkan fashion milik Rumah Grosir Makassar sebagai Launching Perdana di Sentra Bazaar Panakkukang. Kegiatan ini dimanfaatkan oleh kios di Sentra Bazaar Panakkukang untuk menggelar diskon sampai 50% dan voucher diskon Bimbingan Belajar dari Gadjahmada. Kegiatan ini disponsori oleh Mytea, Salapang Tour dan travel, AFI Tour, Rahmatan Lil’alamin Travel, Polygon, XL dan Gadjahmada. Sentra Bazaar Panakkukang (ex. Pasar Segar) masih mengadakan program sewa kios sebesar Rp. 4.600.000 selama setahun, sudah termasuk sewa dan Deposit. Tahun ini Sentra Bazaar Panakkukang kembali mengadakan Kampung Ramadhan selama bulan Ramadhan dan kegiatan-kegiatan diantarnya Lomba Nasyid, Fashion Ramadhan, Kuliner Ramadhan, Lomba Mewarnai dan Lomba Bedug. Sentra Bazaar juga mengadakan Senam Segar setiap Sabtu dan Minggu sore.

38

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 16, Juni 2014


Serba-Serbi KULINER

Oleh : Chef Frank

APA YANG ANDA TAHU TENTANG SANDWICH

SANDWICH ……. siapa yang tidak mengenal makanan yang sangat populer ini. Sebut saja ,,, BLT sandwich, Club sandwich, Tuna sandwich, Croque Monsieur dan seabrek nama yang akan muncul dengan ragam rasa yang sangat menggiurkan pembaca untuk merusak program diet yang telah terpajang di pintu kulkas ,,, waduuuuchhhh. jadi laper deeechh. Kali ini FRANK sengaja hadir tidak dengan resep makanan Bugis - Makassar, namun saatnya berbagi ilmu seputar kuliner Western yang tengah mewabah bagaikan cendawan di awal musim hujan. Sandwich menurut beberapa referensi  berawal dari cerita tentang seorang bangsawan Inggris yang sangat terkenal yaitu JOHN MONTAGU yang lahir di London pada tanggal 13 November 1718 dan wafat pada tanggal 30 April 1792. JOHN MONTAGU bukanlah sosok yang pertama kali menciptakan makanan sandwich ini, namun dialah yang pertama kali mempopulerkannya. Pada tahun 1762, JOHN MONTAGU bersama teman- temannya mengadakan permainan perjudian kartu bridge , ketika itu ia meminta kepada pelayannya untuk menyiapkan satu hidangan irisan daging yang diselipkan kedalam irisan dua lembaran roti atau lebih. Selama kurang lebih 24 jam permainan berlangsung tak ada makanan yang terhidang kecuali SANDWICH tersebut. Alasan mengapa

39

John Montagu memilih memesan makanan ini karena dapat dinikmati tanpa menggunakan pisau dan garpu serta permainan Kartu yang sangat ia gemari ini tidak harus berhenti , kartu di genggaman tanganpun tetap bersih. Cerita ini mungkin hanya rumor atau propaganda saja dari pihak lawannya, namun tak lama kemudian Masyarakat yang hidup sekitar KOTA SANDWICH mulai memesan makanan tersebut dan menjadi populer hingga kota lainnya di Inggris. Sejarah lain menyebutkan bahwa pada abad pertama, seorang RABBI YAHUDI yang bernama HILLEL diberitakan bahwa dalam suatu acara  perjamuan ia memulai dengan membagikan sajian daging kambing dengan campuran kacangkacangan dalam dua kepingan roti yang tak terpisah semacam PITA BREAD. Ini dikenal dengan istilah Sandwich generasi pertama. Pada abad pertengahan manusia mulai menggunakan irisan roti tebal yang dikenal dengan sebutan TRENCHERS berlapis dua sebagai pengganti piring dimana masakan daging dan sayuran diletakkan. Menu seperti ini lebih dikenal dengan sebutan OPEN SANDWICH. Walau mereka mungkin tidak memakan roti Trenchers. Termasuk merupakan kebiasaan lama orang Belanda menghidangkan roti dan mentega bersama irisan daging atau ikan dan mereka menyebutnya dengan nama

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 15, Mei 2014

John Montagu Penemu Sandwich

BROODJES. Sebutan kata SANDWICH yang pertama kali tercatat sekitar tahun 664 M yang ada kaitannya dengan kejayaan di ROMA sekitar RICHBOROUGH ROMAN FORT ( Rutupiae ) nama satu kota yang merupakan jalan menuju Inggris jauh sebelum DOVER. SANDWICH yang dikenal sebagai nama satu makanan setelah melewati beberapa puluh abad kemudian yang kemungkinan memiliki arti  suatu tempat yang berpasir atau tempat yang berada di atas pasir. Naah ,, sekarang saatnya mesan makanan lagi !

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 16, Juni 2014

39


Info Komunitas CCBC (Celebes Cooking & Baking Community)

GELIAT KULINER MAKASSAR ADA DI POJOK KULINER CCBC Celebes Cooking and Baking Community atau yang lebih akrab disebut CCBC merupakan komunitas yang lahir dari semangat saling berbagi serta sadar akan pentingnya sebuah wadah apresiasi dalam dunia kuliner di Makassar. Maka dengan niat yang tulus dari beberapa penggiat kuliner yang memiiliki hobi dan minat yang sama, CCBC resmi didirikan pada tanggal 01 April 2014. Semangat ini juga selaras dengan sebutan kota Makassar yang terkenal sebagai Kota Kuliner. “CCBC lahir sebagai wadah bagi siapa saja yang interest dalam dunia kuliner, jadi tidak hanya diperuntukkan bagi yang sudah pintar masak atau bikin kue tapi bagi siapapun yang mau belajar bersama dan berbagi bersama dalam dunia kuliner sekalipun orang itu tidak pandai masak atau bikin kue� Ujar Ibu Rhanty Kusumaningrum, ketua CCBC. Visi CCBC adalah menjadi wadah komunitas terbuka, tempat berkumpulnya pengusaha dan pecinta kuliner di Sulawesi khususnya di Makassar, dalam mewujudkan visi tersebut CCBC memiliki beberapa kegiatan bagi para membernya. Kegiatan yang dilakukan CCBC secara umum terbagi dalam beberapa jenis kegiatan yaitu Latbar (Latihan Bareng), Cooking Class, dan Bazaar. Latbar alias Latihan Bareng adalah kegiatan yang dilakukan atas inisiatif dari para member dan sifatnya juga lebih santai karena biasanya dilakukan di salah satu kediaman para member. Cooking Class bersifat lebih formal karena kegiatan ini biasanya berkerjasama dengan pihak produsen makanan dan bahan baku pembuat kue. Bazar merupakan kegiatan yang diperuntukan sebagai ajang apresiasi para member, dimana dalam kegiatan ini para member diberi kesempatan menjual produk unggulannya masing-masing. Meski usia CCBC baru berusia 2 bulan, namun komunitas ini telah sukses meyelenggarakan Bazar yang bertajuk POJOK KULINER. POJOK KULINER (PjK) dilaksanakan pada 10 April 2014 dan PjK diselenggarakan di SMKN 6 Makassar dengan menyuguhkan 29 menu kuliner baik tradisional maupun modern. Kegiatan POJOK KULINER selain memamerkan karya para member juga diisi oleh berbagai kegiatan menarik seperti Baking Demo, Demo Kecantikan,

40

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 14, April 2014

Aneka Quiz dan bagi-bagi doorprize. Kemeriahan PjK tidak lepas dari partisipasi beberapa pihak terutama para sponsor. Pengunjung terlihat sangat antusias karena menu-menu yang dihadirkan sangat beragam, bahkan beberapa menu yang disuguhkan terbilang sangat popular dan menjadi trend dewasa ini. Semua member CCBC merasa sangat puas dengan kegiatan ini, selain membawa keuntungan pribadi juga membawa kepuasan batin karena semua member merasa diberi kesempatan mengaktualisasikan diri melalu PjK. Harapan bagi para member CCBC kegiatan POJOK KULINER dapat berlangsung secara kontinyu dan dapat membawa hal positif bagi semua member. Komunitas ini bersifat terbuka, untuk itu Keluarga besar CCBC membuka pintu selebar-lebarnya bagi siapapun untuk bergabung, berdinamika dan belajar bersama dalam CCBC. Sampai jumpa di event-event selanjutnya. (MGZ)


Info Komunitas TANGAN DI ATAS (TDA)

DARI RAPAT KERJA KOMUNITAS TANGAN DI ATAS MAKASSAR

K

ebersamaan dan kekeluargaan, dua kata itulah yang tepat menggambarkan suasana Rapat Kerja Pengurus Tangan Di Atas Makassar. Bertempat di Malino para pengurus dan anggota TDA Makassar berkumpul sejenak meninggalkan rutinitas untuk bersilaturrahim dan menguatkan dan menselaraskan kembali Visi pribadi dengan Visi TDA sebagai Komunitas yang gemar berbagi dengan semangat Bersama Menebar Rahmat. Visi yang dikemas dalam aksi menyebarkan virus wirausaha agar tercipta pribadi yang mandiri, berdaya saing dan bermanfaat untuk sesama. Rangkaian Rapat Kerja diawali dengan Sholat Maghrib berjamaah. Ketua Majelis Wali Amanat TDA Makassar Muhammad Fitriady menyampaikan tausiyah penuh makna di hadapan para pengurus dan anggota TDA Makassar. Tidak ada yang lebih senior atau junior, tidak ada yang lebih kaya atau belum kaya dalam forum raker ini, semua hadir untuk saling bersilaturrahim, belajar dan berbagi manfaat untuk sesama. Komunitas Tangan Di Atas Makassar sebelumnya telah dikenal luas oleh karena identitas-identitas personal anggota yang telah berprestasi di bidang usaha masing-masing dan menjadi inspirasi tumbuhnya UKM-UKM baru yang kebanyakan lahir dari para mahasiswa. Kepengurusan kali ini akan menguatkan basis komunitas secara sistemik dengan programprogram kegiatan yang bersifat edukasi dan pengembangan serta perluasan kemitraan dengan pihak eksternal. Gebrakan program terbaru TDA adalah Kelompok Mentoring Bisnis (KMB), program berupa pembimbingan usaha selama satu tahun untuk member yang memiliki usaha dan telah lolos kualifikasi yang telah ditentukan. Kelompok Mentoring Bisnis ini menghadirkan mentor-mentor nasional dari TDA Pusat.

42

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 16, Juni 2014

Susunan Pengurus Komunitas Tangan Di Atas Makassar periode 2014-2016 Majelis Wali Amanat TDA • Muhammad Fitriady ( Sukses Alam Sujati ) • Suwardi Daeng Mappe ( Kosh Mitra Abadi ) • Trijaka Perkasa ( Optimasi Indonesia ) Ketua TDA : Rahmat Indra Sakti ( Mammiri Industries ) Wakil Ketua Bidang Internal : Faqih Faturrachman ( Singara Insight ) Wakil Ketua Bidang Eksternal : Andi Syahwal Mattuju ( Mattuju Group ) Sekretaris : Andi Arham Bunyamin ( Kretakupa ) Bendahara : @nyungnita / Mambiz / Ashari Ramadhan Rivay Divisi Edukasi : Rachmat Al Muarrif ( Browcyl Indonesia ) Divisi Networking : Aktur Ryank Pratama ( SEND Indonesia ) Divisi Kampus : Khalid Abdul Rahman ( Topjer Food Court ) Direktur Pesta Wirausaha : Taufan Gunawan ( Topjer Food Court )


Artikel CCBC (Celebes Cooking & Baking Community)

GAGAL ITU... Penulis : Manggazali

Penulis adalah staff divisi publikasi dan dokumentasi Celebes Cooking and Baking Community

S

emua orang pasti telah melalui proses gagal, bahkan beberapa orang mengalami kegagalan yang berlangsung secara kontinyu. Contohnya dalam dunia wirausaha kita sering sekali menemui jalan buntu. Apalagi saat kita masih baru untuk memulai ide bisnis, dan saat mengaplikasikannya kita lagi-lagi gagal. Apa sebenarnya penyebab kegagalan? Mengapa sebagian orang dapat dengan mudah terhindar dari kegagalan sedangkan sebagian besar justru selalu gagal? Belakangan ini sudah banyak kita temui tipstips untuk terhindar dari kegagalan. Saya pikir cara mengatasi kegagalan itu adalah dengan terlebih dahulu mengenal penyebab kegagalan itu sendiri. Paling tidak ada 3 penyebab kegagalan yang bisa saya paparkan, mari kita bahas satu persatu. Pertama, kegagalan sudah pasti terjadi kalau kita tidak pernah mencoba. Hal ini sebenarnya tidak perlu banyak penjelasan. Sudah barang tentu jika anda tidak berani mencoba maka anda tidak akan pernah mendapatkan hasil apapun. Kedua, jika anda baru saja mencoba sesuatu namun gagal kemudian anda memutuskan untuk berhenti saat itu juga. Kasus seperti ini yang paling banyak dijumpai. Banyak diantara kita menyerah begitu saja saat menemui kegagalan pertama atau kegagalan kedua. Padahal, jika dilihat kegagalan satu atau kegagalan dua kali sebenarnya masih dalam kategori kegagalan yang secuil. Banyak juga diatara kita yang hanya mencoba sekali lalu mengharapkan hasil yang besar. Saya yakin di dunia ini tidak ada yang berhasil dalam satu kali mencoba, yang ada adalah kegagalan kemudian mencoba kembali berulang-ulang sebelum seseorang tersebut berhasil. Beberapa referensi yang saya temukan tentang fungsi otak menjelaskan bahwa manusia dalah organisme yang memang harus belajar berulang-ulang agar mendapatkan hasil.

44

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 15, Mei 2014

Ketiga, kita akan gagal justru saat kita terlalu mencoba terlalu keras. Point ini adalah kebalikan dari point pertama. Mengapa hal tersebut terjadi? Saat kita mencoba terlalu keras, kadang-kadang hal tersebut berpengaruh terhadap kinerja otak, referensi berfikir bisa menyempit dan ujung-ujungnya bisa menyebabkan stress. Stress bisa menghambat ide keluar. Padahal ide merupakan solusi dan jalan keluar untuk menyelesaikan masalah dan hambatan yang tengah kita hadapi. Jadi, jika ide tak keluar maka masalah dan hambatan kita akan terus adan dan menghalangi kita untuk keluar dari masalah tersebut. Bukankah kita akan dapat hasil jika kita berkerja keras. Saya setuju, tapi bukan bekerja terlalu keras yang membuat anda stress. Otak sulit menjadi kreatif saat dalam keadaan tertekan. Lantas bagaimana caranya kita bekerja secara konsisten namun tidak stress? Jawabannya adalah dengan senantiasa bersyukur terhadap apapun hasil apapaun yang saat itu kita raih. Kebanyakan orang mereka bekerja terlalu keras kemudian mereka akan menjadi stress ketika hasil yang diharapkan tidak sesuai dengan ekspektasi mereka dan begitu terus sampai mereka kehabisan ide. Baaimana dengan orang sukses? mereka melakukan hal yang sama hanya sedikit berbeda. Orang sukses bekerja keras namun tetap bersyukur terhadap hasil apapun yang diperoleh sehingga mereka bisa rileks dan selalu dapat berfikir jernih terhadap rencana mereka selanjutnya. Mereka akan memiliki ide-ide dari hasil-hasil kecil tersebut. kemudian akan akan terus berkembang meski sedikit demi sedikit dari ide-ide kecil tersebut. JAdi lakukan sesuatu dengan konsisten, terima hasil apapun yang diraih, meski tidak sesuai ekspektasi kita, sehingga selanjutnya kita masih semangat dan memungkinkan untuk menemukan hal-hal baru dan jalan-jalan baru ke kesuksesan anda. Good luck.


Resep >>

TIPS CCBC

Cake Tape Keju by: Ibu Itha owner Rumah Kue Chaca

Bahan A: • 75gr mentega • 75gr Butter • 150gr susu kental manis • 150gr Tape • 50gr Keju Parut »»

Kocok mentega, butter, susu sampai mengembang lembut, setelah itu tambah keju parut kemudian aduk

Bahan B: • 6pcs kuning telur • 4pcs putih telur • 200gr gula pasir • 125gr terigu • 1/2 sdt baking powder • 75gr keju parut »» »» »»

Kocok putih telur, kuning telur, dan gula pasir hingga mengembang dan mengental, tambahkan tergu yang sudah dicampur baking powder, kemudian aduk, Masukkan bahan A aduk rata dan masukkan ke dalam loyang, taburi bagian atasnya dengan keju parut. Kemudian panggang dengan suhu 160 derajat.

TIPS N TRIK >>

CARA MEMBEDAKAN ES BATU SEHAT DAN TIDAK SEHAT by: Ibu Indri owner Kedai Kue Kasuari

Saat kita pergi ke sebuah restoran ataupun pedagang kaki lima hanya untuk membeli sebuah minuman, maka biasanya kita memesan minuman yang mengandung es. Namun pernahkah terlintas dibenak kita, sudah amankah es batu yang kita konsumsi tersebut? Terbuat dari apakah es batu tersebut? Apakah terbuat dari air yang sudah matang atau terbuat dari air yang belum matang? Bagaimana cara membedakan manakah es batu yang terbuat dari air mentah dan manakah es batu yang terbuat dari air yang sudah matang? Es batu yang terbuat dari air yang belum matang atau masih mentah mengandung banyak bakteri e-coli. Bakteri ini banyak dijumpai pada air minum yang bisa berdampak buruk terhadap kesehatan. Apalagi air mentah yang digunakan pada es batu belum tersterilisasi, sehingga dapat menyebabkan masalah pencernaan yang serius serta dapat merusak ginjal dan melemahkan dinding usus pada anak kecil. Es batu dari air mentah terlihat berwarna putih layaknya susu. Hal tersebut dikarenakan masih banyak gas atau oksigen yang berada di dalamnya. Kebanyakan es batu yang terbuat dari air mentah adalah berupa es balokan dan es dalam bungkusan plastik. Apalagi bila bahan yang diambil untuk membuat es batu ini berasal dari air sungai yang tercemar. Sementara es batu yang terbuat dari air matang akan terlihat lebih bening. Hal itu dikarenakan gas di dalam air terlepas ketika proses perebusan. Selain itu, ketika pendinginan terjadi, sedikit gas terperangkap dalam es karena kandungan udara dalam air berkurang. Es semacam ini biasanya disebut sebagai es kristal. Es kristal memliki bentuk seperti pipa dan berlubang, selain itu es semacam ini sudah banyak dijumpai di restoran. Es batu jenis ini aman dikonsumsi dan tidak beresiko memiliki kandungan bakteri di dalamnya karena air yang dipakai adalah air matang. Nah sekarang tentu anda sudah mengetahui dan bisa membedakan mana es batu yang terbuat dari air mentah dan mana es batu yang terbuat dari air matang. semoga bermanfaat.

Seputar Dapur By: Ibu Icha owner Dapur CupaCila Hai, hallo semua, saya Icha dari Dapur CupaCila akan berbagi info seputar dapur. Pada kesempatan ini saya akan berbagi info mengenai bahan-bahan yang serupa tapi tak sama, antara lain ada: Mentega dan Margarine. Mentega dan margarin sama sama menjadi sumber lemak dan vitamin A. Perbedaan terletak pada bahan bakunya. Mentega berasal dari lemak hewani, menjadikannya lebih lembut, warna pucat, mudah meleleh namun memiliki aroma yang kuat. Sedangkan margarin berasal dari lemak nabati yang menghasilkan margarin dengan tekstur yang lebih kokoh, warna lebih pekat, dan tidak mudah meleleh. Kedua bahan ini dapat digunakan bersamaan atau saling mengsubtitusi. Mentega cenderung memberi tekstur lembut dan aroma yang lebih lezat, sedangkannmargarin dapat memberikan tekstur yang kokoh, jadi untuk mendapatkan cake dengan tekstur yang kokoh namun lembut dan wangi, kedua bahan ini dapat digunakan bersamaan dengan perbandingan 1:1. Untuk kue kering juga demikian, saat menggunakan mentega kue kering akan lebih garing, dan wangi namun rapuh, agar lebih kokoh dapat dicampurkan margarin. Dipasaran mentega kemasan kecil dapat ditemui dalam kemasan semacam aluminium foil atau kaleng kecil dengan harga yang lebih tinggi, sedsngkan margarin dapat ditemui dalam kemasan sachet atau cup plastik dengan harga yang relatif lebih terjangkau. Baking Powder dan Baking Soda. Meskipun kedua bahan ini berfungsi mengembangkan adonan cake, namun kandungan bahan pengembangnya berbeda. Baking powder mengandung natrium bikarbonat dan zat yang mengandung asam. Zat ini akan bereaksi saat bercampur dengan cairan dan panas sehingga mampu mengembangkan adonan kue. Sedangkan Baking soda mengandung sodium bikarbonat murni tampa tambahan zat lain. Kandungan soda ini mampu melepaskan gas (Co2) yang akan membantu ‘mengangkat’ adonan cake. Penggunaan kedua bahan ini bersamaan sanagat disarankan untuk mendapatkan hasil cake yang maksimal. Akan tetapi menggunakan baking powder saja sebenarnya sudah cukup. Namun jika ingin menggunakan baking soda saja, harus diperhatikan bahan yang ada pada adonan sebaiknya mengandung unsur zat asam seperti susu, youghurt, madu, dll, agar soda dapat bersenyawa dengan zat asam dan tidak meninggalkan rasa pahit pada cake. Susu Evaporated Dan Susu Condenced Produk olahan susu ini sepintas terlihat sama, kedua produk susu ini mengalaminproses penguapan yang mengurangi kandungan air hingga 30%. Proses ini menjadikan susu lebih kental. Letak perbedaannya terdapat pada proses penambahan gula. Susu evaporated tidak mengalami proses oenambagan gula yang membuat rasanya tetap seperti susu murni dan berwarna pucat. Sedangkan susu condenced melewati proses penambahan gula yang membuatnya terasa manis dan berwarna lebih pekat. Susu condenced ini di pasaran dikenal dengan sebutan susu kental manis. Demikian beberapa info seputar bahan makanan yang terlihat serupa tapi tak sama. Semoga dapat membantu anda dalam memilih bahan dan memberikan hasil yang maximal terhadap cake yang anda inginkan.

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 16, Juni 2014

45


46

Panakkukang Makassar Metropolitan | PMM edisi 16, Juni 2014


TARGET

DISTRIBUSI TRANSPORTASI Semua Lounge di Bandara Hasanuddin Garuda Airlines Executive Lounge – Bandara Hasanuddin Garuda Airlines – Jl. Slamet Riyadi Suita Tours n Travel - Jl. Gn. Bawakaraeng Caraka Travelindo – Jl. Samalona Agus Tour & Travel – Jl. Nusantara Tx Travel – Jl. Nusantara Sanatana Tour & Travel – Jl. Sulawesi Duta Tour Jumantara – Jl. Sulawesi Agung Wisata Tour – Jl. Pattimura Mauraga Travel – Jl. Ujung Pandang Cakra Wisata Tour & Travel – Jl. Penghibur Lion Air - Jl. Jend Ahmad Yani Dewi Wisata Travel – Jl. St. Hasanuddin Terminal Ticket - Jl. Dr. Sam Ratulangi Ticket Tour & Travel – Jl. Haji Bau Victory Travel – Jl. Kumala Terminal Ticket – Jl. Gn. Latimojong Anzho Timoho Travel – Jl. Lanto Dg. Pasewang Lestari Tour & Travel - Jl. Gn. Merapi Fortuna Travel – Jl. Tinggi Mae Limbunan - Jl. Gn. Bawakaraeng Hakata Tour & Travel – Jl. Penghibur Manorian Travel – Jl. Cendrawasih Patapulo Tours & Travel – Jl. A. P. Pettarani Manorian Tours & Travel - Jl. A. P. Pettarani Citylink Avia – Jl. A. P. Pettarani Sriwijaya Air – Jl. Boulevard Talenta Tour & Travel - Jl. Boulevard Air Asia - Jl. Boulevard Maharani Tour & Travel – Jl.Gn. Bawakaraeng Panakkukang Travel - Jl. Boulevard Boulevard Travel - Jl. Boulevard Mitra Sejati Travel – Jl. Adhyaksa Ziar Tour & Travel - Jl. Adhyaksa Travel Agus – Jl. Hertasning Merpati Nusantara KCP Hertasning - Jl. Hertasning Jalan-jalan Bersama Tour & Travel - Jl. Hertasning Tiva Travel – Jl. Adhyaksa PT. Stars Travel – Jl. Abdullah Dg. Sirua TX Travel Perintis – Jl. Perintis Kemerdekaan ASURANSI Astra Credit Companies – Jl. Dr. Sam Ratulangi Garda OTO - Jl. Dr. Sam Ratulangi Asuransi Jasindo - Jl. Dr. Sam Ratulangi Jasa Raharja - Jl. Dr. Sam Ratulangi PT. Equity Life Indonesia - Jl. Dr. Sam Ratulangi Asuransi Ramayana - Jl. Dr. Sam Ratulangi Askrindo – Jl. Kakatua PT. ACA – Jl. A. Mappanyukki PT. Avrist Assurance – Jl. St. Hasanuddin Allianz - Jl. A. P. Pettarani (Ruko Diamond) BFI Finance - Jl. Pengayoman Kop. Inti Megah Syariah - Jl. Adhyaksa DSF Dipo Star Finance – Jl. Pengayoman FASHION Jakarta Tailor & Textil – Jl. Pengayoman Dian Pelangi – Jl. Adhyaksa FINANCE Bank Bukopin – Jl. Slamet Riyadi BCA – Jl. Jend Ahmad Yani Bank Danamon - Jl. Jend Ahmad Yani Robobank – Jl. Jend Ahmad Yani CIMB Niaga - Jl. Jend Ahmad Yani OCBC NISP - Jl. Jend Ahmad Yani Bank Mega - Jl. Jend Ahmad Yani Bank Artha Graha - Jl. Jend Ahmad Yani BRI - Jl. Jend Ahmad Yani Bank Muamalat – Jl. Dr. Sam Ratulangi Bank BNI Syariah – Jl. Veteran Selatan Bank Mandiri – Jl. Veteran Selatan Bank Panin - Jl. Veteran Selatan Bank BRI - Jl. Veteran Selatan Bank BII - Jl. Veteran Selatan Bank Mega - Jl. Veteran Selatan Bank Danamon - Jl. Veteran Selatan Bank Mandiri – Jl. Kartini Bank BTN - Jl. Kajaolalido Bank PANIN - Jl. Dr. Sam Ratulangi Bank Panin – Jl. Pengayoman (Pasar Segar) BII - Jl. Pengayoman (Pasar Segar) Bank Perkreditan Rakyat - Jl. Pengayoman (Pasar Segar) Bank BRI – Jl. Pengayoman Bank BNI – Jl. Perintis kemerdekaan FOOD & DRINK Semua Cafe di Bandara Hasanuddin Makassar Suki – Jl. Bali Brothers Coffee – Jl. Kumala Phoenam – Jl. Jampea Black Canyon – Jl. Pattimura Emerald Cafe – Jl. Ujung Pandang

Dapur Sulawesi – Jl. Ujung Pandang Istana Laut – Jl. Datumuseng Imperial Star Restaurant - Jl. Datumuseng Resto Hade - Jl. Lamaddukelleng Kareba Resto – Jl. Penghibur Losari Beach Inn Cafe n Resto – Jl. Penghibur SOHO - Jl. Jend Ahmad Yani Abe Cafe dan Resto - Jl. Jend Ahmad Yani Mam’s Cafe – Jl. Lagaligo Madam Wong Resto - Jl. Lagaligo Ben’z Cafe – Jl. Kajaolalido Pisa Kafe - Jl. Bontolempangan Zodiac Cafe & Resto - Jl. Bontolempangan Dunkin Donuts - Jl. St. Hasanuddin Bengkel Kopi - Jl. St. Hasanuddin Starbucks – Mal Ratu Indah Tator - Mal Ratu Indah Black Canyon - Mal Ratu Indah Pizza Hut - Mal Ratu Indah JCO - Mal Ratu Indah My Kopi O - Mal Ratu Indah Kios Lagaligo – Jl. Arif Rate Smile Hotel & Resto – Jl. Muchtar Lufti Numero Uno Cafe n Resto – Jl. Dg. Tompo Kios Lagaligo – Jl. Kumala Cafe Enak-Enak – Jl. Lanto Dg. Pasewang Restaurant Bambuden – Jl. Gn. Latimojong Pizza Ria Cafe - Jl. Gn. Latimojong Restaurant Pualam – Jl. Penghibur Balleza – Jl. Penghibur Coffe Break Cafe – Jl. Cendrawasih Kedai Kita – Jl. Landak Kopi Q Cafe - Jl. A. P. Pettarani (Ruko Diamond) New Kaisar Resto & Cafe – Jl. Sultan Alauddin RM. Wong Solo – Jl. Sultan Alauddin Kios Lagaligo - Jl. Pengayoman The Poject Coffe – Jl. Pengayoman Pizza Ria Cafe - Jl. Boulevard Warung Cobek-cobek - Jl. Boulevard Kafe Baca – Jl. Adhyaksa Coffe Lovers – Jl. Hertasning Toko Kue Mama – Jl. Bau Mangga Kopi Tiam – Mall Panakkukang Excelso - Mall Panakkukang Roppan - Mall Panakkukang Solaria Sosialita - Mall Panakkukang Kopi Oey - Jl. Topaz Raya RM. Ulu Juku – Jl. Recing Centre Buana – Jl. Urip Sumoharjo Woodsy Gab - Jl. Urip Sumoharjo Coffe Toffe – Jl. Perintis Kemerdekaan HOTEL Hotel Clarion – Jl. A. P. Pettarani Hotel Aryaduta – Jl. Penghibur Hotel Makassar Mulia – Jl. Nusantara Hotel Beril Nur – Jl. Nusantara Grand Populer Hotel – Jl. Sulawesi Hotel Agraha – Jl. Sulawesi Hotel Grand Palace – Jl. Tentara Pelajar Hotel Dinasti – Jl. Lombok Hotel Century – Jl. Timor Hotel Mangga Dua – Jl. Tanimbar Hotel Lestari – Jl. Savu Hotel Lamacca – Jl. Pettarani Hotel Yasmin – Jl. Jampea New Legend Hotel – Jl. Jampea Hotel Tiara Sari – Jl. Bali Hotel Pantai Gapura – Jl. Pasar Ikan Makassar Golden Hotel – Jl. Pasar Ikan Hotel Quality – Jl. Somba Opu Losari Beach Inn Hotel – Jl. Penghibur D’Bugis Ocean Hotel – Jl. Penghibur Hotel Istana Mas - Jl. Jend. Ahmad Yani Hotel Singgasana – Jl. Kajaolalido Hotel Citra Wisata – Jl. Bontolempangan Hotel Pacific Makassar - Jl. Bontolempangan Hotel Venus Kencana - Jl. Bontolempangan Hotel Lydiana - Jl. Bontolempangan Hotel Delta – Jl. St. Hasanuddin Hotel Grand Wisata - Jl. St. Hasanuddin Hotel Celebes - Jl. St. Hasanuddin Hotel Lestari Permai – Jl. Karunrung Hotel Valentino – Jl. Dr. Sutomo Hotel Horison – Jl. Jend. Sudirman Hotel SAS - Jl. Jend. Sudirman Hotel Sahid Jaya – Jl. Dr. Sam Ratulangi The Banua Hotel – Jl. Haji Bau Losari Metro Hotel – Jl. Chairil Anwar Kenari Tower Hotel – Jl. Yoseph Latumahina Hotel Asyra – Jl. Maipa Hotel Mercure – Jl. Dg. Tompo Hotel Surya - Jl. Dg. Tompo Hotel Alden – Jl. Lasinrang Hotel Favor - Jl. Lasinrang Hotel Bungaya – Jl. Letjen Mappaodang Hotel Taman Marannu – Jl. Baji Gau Hotel Baji Gau - Jl. Baji Gau Hotel Astika Puriwisata – Jl. Lanto Dg. Pasewang Hotel Grand Celino - Jl. Lanto Dg. Pasewang Hotel Maricaya – Jl. Kijang

Hotel Coklat – Jl. Onta Lama Hotel Vindhika – Jl. Gn. Merapi Mega Inn Hotel – Jl. Lompobattang Hotel Celebes Indah – Jl. Gn. Latimojong Hotel Mustika Sari - Jl. Gn. Latimojong Hotel Aswin - Jl. Gn. Latimojong Hotel Harapan – Jl. Sungai Poso Hotel Santika – Jl. Sultan Hasanuddin Hotel Aston - Jl. Sultan Hasanuddin Hotel Permata – Jl. Andi Tonro Hotel Scarlet – Jl. Bonto Manggepe Hotel Mario Inn – Jl. Bonto Sunggu Hotel Jade – Jl. A. P. Pettrani (Ruko Diamond) Hotel Jolin – Jl. Pengayoman Hotel Istana – Jl. Sungai Saddang Hotel Bonto Cinde - Jl. Sungai Saddang Capital Hotel – Jl. Pengayoman Hotel Gladiol - Jl. Pengayoman Hotel Al-Badar - Jl. Pengayoman Hotel Pengayoman - Jl. Pengayoman Hotel Grand Town - Jl. Pengayoman Hotel Royal - Jl. Pengayoman Hotel Asia - Jl. Pengayoman Hotel Anugrah - Jl. Pengayoman Hotel Denpasar - Jl. Boulevard Hotel Panakkukang - Jl. Boulevard JL Star Hotel - Jl. Boulevard Aswin Inn Hotel - Jl. Boulevard Hotel Boulevard - Jl. Boulevard Swiss Bell Inn Hotel - Jl. Boulevard Pondok Green Adhyaksa – Jl. Adhyaksa Continent Centre Point Hotel - Jl. Adhyaksa Hotel Diamond – Jl. Adhyaksa Hotel Genesis - Jl. Adhyaksa Hotel Adhyaksa - Jl. Adhyaksa Hotel Hertasning – Jl. Hertasning Pondok Modern - Jl. Hertasning Akik Hijau – Jl. Adhyaksa Amaris Hotel – Jl. Bougenville Hotel Bali – Jl. Sungai Pareman Andrin Hotel – Jl. Penjernihan Air Hotel Anugrah 2 – Jl. Pengayoman Hotel Trisula – Jl. Topaz Raya Hotel Sulawesi - Jl. Topaz Raya Hotel Parade Guest House - Jl. Topaz Raya Avira Hotel – Jl. Adhyaksa Hotel Tree – Jl. Pandang Raya Hotelku – Jl. Toddopuli Hotel New Kaisar - Jl. Toddopuli Hotel Toddopuli Mas - Jl. Toddopuli Hotel Jakarta – Jl. Ance Dg. Ngoyo Hotel Prima – Jl. Dr. Ratulangi Hotel Agus – Jl. Nusantara Hotel Paradiso - Jl. Perintis Kemerdekaan Hotel Adipura – Jl. Perintis Kemerdekaan Hotel Grand Asia – Jl. Boulevard Hotel d’Maleo – Jl. Pelita Raya Hotel Angin Mamari – Jl. Somba Opu Hotel Permata – Jl. Andi Tonro Hotel Grand Imawan – Jl. Pengayoman Hotel Grand Platinum – Komp. Lily Hotel Max – Jl. Topaz Hotel Lynt – Jl. Hertasning Hotel Bintang – Jl. Gn. Merapi Hotel Violet – Jl. Kijang KESEHATAN & KECANTIKAN Graha Celebes Spa – Jl. Sulawesi Salon Jessipin – Jl. Sawerigading Salon Wan’z – Jl. Bali Salon Wendis – Jl. Pasar Ikan Drg. Handojo WT – Jl. Lamaddukelleng Miracle Aesthetic Clinic - Jl. Lamaddukelleng Suriani Bridal House – Jl. Pasar Ikan Salon Ebony – Jl. Lagaligo Poetri Spa - Jl. Lagaligo My Place Spa & Health Club – Jl. Kajaolalido Maystar Beauty Salon - Jl. Bontolempangan Salon Masita - Jl. Bontolempangan Salon Sayonara – Jl. Karunrung Salon Sayonara – Jl. Bau Massepe Ratulangi Medical Centre - Jl. Dr. Sam Ratulangi Salon Mahkota – Jl. Kumala Impression – Jl. Gn. Batu Putih RSB Restu – Jl. A. Mappanyukki Angel Bridal Make Up - Jl. Gn. Latimojong Lab. Prodia – Jl. Batu Putih Lab. Prodia – Jl. Boulevard De Salon - Jl. Sungai Saddang Salon Fifie Violina - Jl. Sungai Saddang House Of Dura - Jl. Sungai Saddang Le Bliss Spa – Jl. Sultan Hasanuddin Hermin Salon - Jl. Sultan Hasanuddin Medjile Spa - Jl. A. P. Pettarani (Ruko Diamond) Sing She Tong Ji Medistra - Jl. A. P. Pettarani (Ruko Diamond) Lyraas Skin Care - Jl. A. P. Pettarani (Ruko Diamond) Metro Spa – Jl. Pengayoman Diamond Fitnes Centre - Jl. A. P. Pettarani (Ruko Diamond) Finari Medical Centre – Jl. Boulevard

Natasha Skin Care – Jl. Pengayoman Erha Clinic Makassar - Jl. Pengayoman Salon Hermin - Jl. Pengayoman Klinik Lacasino – Jl. Adhyaksa Poetrie Spa – Jl. Pengayoman The Secret’s Spa – Mall Panakkukang Rudy Hady Suwarno - Mall Panakkukang Best Salon - Mall Panakkukang D’Spa & Refleksi – Jl. Bau Mangga Salon Yanti – Jl. Hertasning Johnny Andrean – Mall Panakkukang Salon Ungu – Jl. Adhyaksa Citra Kusuma Salon – Jl. Toddopuli Optik Internasional - Jl. Perintis Kemerdekaan Corner Salon – Jl. Talasalapang No. 86 JASA & PROPERTY Huebsch Laundry - Graha Celebes Spa – Jl. Sulawesi TIKI - Jl. Jend Ahmad Yani Mal Ratu Indah – Jl. Dr. Sam Ratulangi PT. Pegadaian – Jl. Hati murni PT. Dann – Jl. Lanto Dg. Pasewang IMB Group – Jl. A. Mappanyukki PT. Pegadaian – Jl. A. Mappanyukki Mr. KLIN – Jl. Sungai Saddang Glow Photo Studio - Jl. Sungai Saddang Gelael – Jl. Sultan Hasanuddin Shine Car Wash - Jl. A. P. Pettarani Outo Clean - Jl. A. P. Pettarani Astra Rent Car – Jl. Recing Centre Kapitang Pajjokka – Jl. Minasa Upa Blok EI /1 KOMUNIKASI Indosat – Jl. Slamet Riyadi Smart FM – Jl. Nusantara Telkomsel - Jl. Kajaolalido ESIA – Jl. Bontolempangan Telkom Indonesia - Jl. A. P. Pettarani Flexi - Jl. A. P. Pettarani XL - Jl. A. P. Pettarani Sucofindo - Jl. Urip Sumoharjo KANTOR PEMERINTAHAN Kantor Walikota Humas Pemkot - Jl. Jend Ahmad Yani Kantor Gubernur – Jl. Urip Sumoharjo PENDIDIKAN Sekolah Athirah – Jl. Kajaolalido LIA - Jl. Dr. Sam Ratulangi Briton – Jl. Lagaligo FLUO - Jl. Gn. Latimojong STIA LAN - Jl. A. P. Pettarani Briton Pettarani - Jl. A. P. Pettarani (Ruko Diamond) Briton – Komp. Pasar Segar Ahmad Dhani School Of Rock - Jl. A. P. Pettarani (Ruko Diamond) LIA – Jl. Boulevard Enprisia – Jl. Talasalapang No. 86 OTOMOTIF PT. Draya Triputra (Honda) – Jl. Veteran Utara Nissan – Jl. A. P. Pettarani PT. Astra Internasional Daihatsu - Jl. Pengayoman Toyota - Jl. Urip Sumoharjo Bosowa - Jl. Urip Sumoharjo Daihatsu - Jl. Urip Sumoharjo Hyundai - Jl. Urip Sumoharjo Matramas (Yamaha) – Jl. Sultan Alauddin Toyota – Jl. Sultan Alauddin MEDIA LPP TVRI Sulsel – Jl. Kakatua Tribun Timur – Jl. Cendrawasih HIBURAN Happy Puppy Losari – Jl. Ujung Pandang E Club 3 – Jl. Ujung Pandang Bee Karaoke Keluarga - Jl. Gn. Latimojong Nav Karaoke Keluarga - Jl. Gn. Latimojong Scarlet Family Karaoke - Jl. Gn. Latimojong Happy Puppy Pettrani - Jl. A. P. Pettarani (Ruko Diamond) D Class Karaoke - Jl. A. P. Pettarani (Ruko Diamond) E Club – Jl. Boulevard Nav Makassar 02 - Jl. Boulevard Orange Karaoke - Jl. Boulevard Diva Karaoke – Jl. Pengayoman (Pasar Segar) FAM Family Karaoke – Jl. Perintis Kemerdekaan Inul Vista Perintis - Jl. Perintis Kemerdekaan Diva Karaoke - Jl. Perintis Kemerdekaan PUSAT PERBELANJAAN Manajemen Mall Panakkukang – Jl. Pengayoman Manajemen MARI – Jl. Dr. Sam Ratulangi Carrefour – Jl. Pengayoman Pasar Butung – Jl. Sabutung

Majalah Panakkukang Edisi 16  

Layout Majalah Panakkukang Makassar Metropolitan Edisi 16, Bulan Juni 2014. Desain oleh Taufiq HD "www.imagistudio.com"

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you