Page 1

Messi nyaris berseragam Timnas Spanyol

Harga: Rp.2000,Luar Kota + Ongkos Kirim

terbit 16 halaman

PEMAIN bintang asal Argentina, Lionel Messi, mengungkapkan hal yang mengejutkan dalam sebuah buku barunya. Ia mengaku pernah diminta bermain untuk timnas Spanyol. Messi datang sebagai anak laki-laki biasa dari Rosario ke akademi sepak bola terkenal di dunia, La Masia milik Barcelona. Bersama tim muda Barcelona, pria yang kini berusia 26 tahun ini langsung tampil mengesankan. Federasi sepak bola Spanyol kala itu menyadari potensi itu dan langsung menawarinya untuk memperkuat La Furia Roja. “Saya diminta secara informal bermain

untuk tim nasional Spanyol, tapi saya selalu mengatakan bahwa saya ingin bermain untuk tim nasional saya karena saya mencintai Argentina. Ini adalah satu-satunya seragam yang ingin saya kenakan,” tutur pemain andalan Barcelona ini dalam bukunya, ‘Messi, The Patriot’, seperti dikutip dari Football Espana. Namun kesetiaan Messi bersama timnas Argentina awalnya tak berbalas penghargaan. Penampilannya bersama Tim Tango yang tak sebagus saat bersama Barca membuatnya dianggap tak sepenuh hati bermain untuk timnas. Baca: Messi ( Halaman 2 )

RABU 4 JUNI 2014 NOMOR. 02552 TAHUN VIII

SBY minta kepala daerah jangan sibuk menjadi TS

SELEBRITI

Presiden harap gubernur-bupati-walikota lebih mengutamakan tugas pemerintahan

AGNES MONICA

Diyakini media luar negeri bakal kuasai panggung AS EKSISTENSI Agnes Monica di Amerika Serikat (AS) semakin terlihat. Semua mata menyorot kepadanya dan mencoba mengenal lebih dekat setelah mendengar single debutnya, Coke Bottle. Salah satu media Amerika, PolicyMic mengulas secara detil sosok artis yang kini menggnati namanya menjadi Agnes Mo itu, yang mereka anggap sebagai sosok fenomenal. Mereka juga menceritakan secara detil kiprah karirnya yang dimulai sebagai penyanyi anak-anak hingga impian go internationalnya.

Baca: Diyakini ( Halaman 2 )

INTERNASIONAL Obama minta Eropa supaya menjauhi Putin

PRESIDEN AS Barack Obama dan Presiden Rusia Vladimir Putin, dalam sebuah pertemuan belum lama ini.(foto: ist)

PRESIDEN Amerika Serikat (AS), Barack Obama, akan mengunjungi Eropa pekan ini guna mendesak para sekutu AS untuk tetap berseberangan dengan Moskow. Obama akan bertemu dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin, untuk kali pertama sejak krisis Ukraina bermula pada awal tahun ini. Belum ada rencana pembicaraan yang akan melibatkan mereka, tapi keduanya akan menghadiri acara santap siang dan peringatan 70 tahun pendaratan sekutu di Normandia, Jumat. Presiden Obama dijadwalkan bertemu dengan Presiden terpilih Ukraina, Petro Poroshenko, Rabu, di Warsawa, sebelum berlanjut menghadiri pertemuan tingkat tinggi G-7 di Brussels, lantas menuju Paris dan Normandia. Fokus lawatan empat hari Obama adalah memberi jaminan bagi sekutu bahwa AS akan berkomitmen terhadap keamanan mereka. Obama pun akan menemui para pemimpin Eropa Tengah, termasuk yang berasal dari negaranegara Baltik, dan berbicara empat mata dengan presiden serta perdana menteri Polandia. Dalam pidato di Warsawa, Rabu, ia siap kembali menegas-kan komitmen AS menjaga keamanan kawasan dalam peringatan ke-25 pemilihan umum pertama Polandia yang bebas pascakekuasaan Komunis. Setelah tiba di Polandia, presiden Obama akan mengunjungi hangar pesawat di Warsawa bersama para pilot AS dan Polandia. Kunjungan itu dimaksudkan untuk memberi penekanan pada latihan bersama di udara pascaintervensi Rusia atas Ukraina. Baca: Obama ( Halaman 2 )

Bogor—Lagi, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) marah. Setelah sebelumnya gerah dengan adanya sejumlah jenderal aktif TNI-Polri yang mendukung pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (CapresCawapres), kali ini SBY gerah melihat para kepala daerah dan wakil kepala daerah, baik gubernur/ wagub, bupati/wabup, dan walikota/wawali, yang sibuk dengan urusan politik dan menjadi Tim Sukses (TS) pasangan Capres-Cawapres, sehingga mengabaikan tugas pemerintahan daerah. Presiden pun meminta para kepala daerah untuk mengutamakan tugas pemerintahan di atas kepentingan kampanye pasangan calon presiden yang mereka usung masing-masing. Baca: SBY ( Halaman 2 )

PRESIDEN SBY didampingi Wapres Boediono dan Mendagri Gamawan Fauzi menghadiri Rakornas Pemantapan Pilpres 2014 di SICC, Bogor, Jawa Barat, Selasa (3/6) kemarin. Rakornas ini dihadiri para Gubernur, Walikota, Bupati, Pejabat Kemendagri, Pejabat TNI-Polri, Jaksa Agung, Badan Intelijen Negara, KPU, Bawaslu dan Panwaslu Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.(foto: rumgapres/abror rizki/merc)

Kasus Youth Centre disinyalir satu paket proyek Hambalang Oknum kontraktor, kerabat mantan anggota DPR diperiksa Polda Sulut Manado—Penyidikan kasus dugaan korupsi pembangunan Gedung Gelanggang Pemuda atau dikenal Youth Centre, Manado, belakangan ini kembali digulirkan pemeriksaannya oleh penyidik Subdit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Sulut. Menariknya, Selasa (3/6) kemarin, penyidik Tipikor memeriksa saksi oknum kontraktor, yang diketahui kerabat dekat dengan salah satu mantan anggota DPR RI, yang menjadi terpidana kasus korupsi pada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Baca: Kasus ( Halaman 2 )

Presiden juga ungkap ada kepala daerah yang ikut mengintervensi Pemilu 2014 ini

PILPRES 2014

KPK titip 8 agenda penting Jakarta—Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyusun delapan agenda yang dinilai patut diperjuangkan pemerintahan mendatang. Kedelapan agenda tersebut termuat dalam buku putih yang akan diberikan KPK kepada calon presiden dan wakil presiden sebagai bekal dalam menyusun visi-misi. Delapan agenda yang dititipkan KPK dalam buku putih ini diserahkan oleh pimpinan KPK kepada capres-cawapres dalam acara Deklarasi

8 AGENDA YANG DITITIPKAN KPK PADA CAPRES-CAWAPRES 1. Reformasi Birokasi & Perbaikan Administrasi Kependudukan. 2. Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Penerimaan Negara. 3. Ketahanan dan Kedaulatan Pangan. 4. Perbaikan Infrastruktur. 5. Penguatan Aparat Penegak Hukum. 6. Mendukung Pendidikan Nilai Integritas dan Keteladanan. 7. Perbaikan Kelembagaan Partai Politik. 8. Peningkatan Kesejahteraan Sosial.

Pemilu Berintegritas dan Damai di Hotel Bidakara, Selasa (3/6) tadi malam. Juru Bicara KPK Johan Budi, melalui siaran pers yang diterima wartawan, menguraikan kedelapan

agenda tersebut. Pertama, KPK menitipkan agenda reformasi birokasi dan perbaikan administrasi kependudukan. Baca: KPK ( Halaman 2 )

Black campaign di media sosial jadi target utama KPU-Bawaslu

OKNUM kontraktor, kerabat dekat mantan anggota DPR RI, saat masuk ke ruangan Unit 1 Subdit Tipikor Polda Sulut, untuk menjalani pemeriksaan dalam kasus dugaan korupsi pembangunan Youth Centre Manado, Selasa (3/6) kemarin.(foto: obi/sk)

Jakarta—Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengeluarkan regulasi terkait kampanye calon presiden-calon wakil presiden yang akan dimulai Rabu (4/6) hari ini sampai 5 Juli 2014. Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay mengatakan, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden

selama kampanye. Apabila ada pasangan calon yang melanggar, dia akan dikenai sanksi sesuai dengan tingkat pelanggaran yang dilakukan. Salah satu hal yang harus dihindari capres-cawapres adalah saling menyinggung lawan politik, baik melaui media sosial maupun dalam kampenye terbuka. “Kampanye harusnya tertib.

Jangan menyinggung lawan politik. Itu kami larang,” kata Hadar dalam Deklarasi Damai Pilpres 2014 di Jakarta, Selasa (3/6) tadi malam. Kemudian black campaign atau kampanye hitam di media sosial, saat ini paling menjadi perhatian KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Baca: Black ( Halaman 2 )

Jalan menuju kursi Presiden-Wapres 2014-2019

Satu siang tentang Megawati, Prabowo, dan Jokowi

Berbaju putih, berkopiah, dan berjalan tegap, seorang lelaki menghampiri sejumlah tokoh yang sudah lebih dulu duduk berjajar di hadapannya, di ruang pertemuan utama Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta. Lelaki ini, Prabowo Subianto, calon presiden dari poros Partai Gerindra. Banyak cerita di balik jalan menuju kursi Presiden-Wapres RI periode 2014-2019. SAAT itu, Minggu (1/6) para petinggi partai peng- tokoh politik nasional yang datang dan duduk berjajar, siang, tokoh yang sudah usung Jokowi-JK, tak terke- memenuhi ruang pertemuan Prabowo memberikan pengberjajar di hadapan Prabo- cuali Ketua Umum PDIP tersebut datang untuk meng- hormatan ala militer, sesuai wo adalah calon presiden Megawati Soekarnoputri. ikuti penentuan nomor urut latar belakangnya. Setelah itu, Joko Widodo dan calon wa- Prabowo datang bersama pasangan calon presiden- dia menghampiri dan menyakilnya Jusuf Kalla (Jokowi- calon wakilnya, Hatta Ra- wakil presiden untuk Pemilu lami satu per satu para tokoh JK), yang diusung oleh jasa, didampingi para Presiden 2014. yang ada di hadapannya itu. poros PDIP. Sudah pula petinggi dari partai-partai Setiba di depan deretan Baca: Satu ( Halaman 2 ) duduk di deretan kursi itu, pengusungnya pula. Para tokoh yang sudah lebih dulu

NOMOR TELEPON/FAX (0431) 841071, FAX: (0431) 841060)

DUA capres-cawapres saling berpelukan usai mengikuti penentuan nomor urut pasangan untuk Pilpres 2014 di Kantor KPU, Jakarta, Minggu (1/6) lalu.(foto: inlc)

KUNJUNGI www.swarakita-manado.com & www.swaramanado-online.com


SAMBUNGAN

RABU 4 JUNI 2014 SBY ... dari Halaman 1

KPK ... dari Halaman 1 “KPK menilai, jalan paling mendasar untuk menata birokrasi adalah melalui reformasi birokrasi,” kata Johan. KPK menilai reformasi perlu dilakukan, khususnya terkait dengan pengelolaan APBN dan APBD. Reformasi di sektor ini bertujuan memastikan agar perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi terhadap pengelolaan APBN dan APBD dilakukan secara akuntabel, transparan, dan berkeadilan, serta meminimalkan kebocoran anggaran. Kedua, agenda pengelolaan sumber daya alam dan penerimaan negara. Berdasarkan penelitian dan pengkajian KPK, terdapat tiga sektor yang harus mendapatkan perhatian besar presiden mendatang, yakni pertambangan (khususnya mineral dan batu bara), kehutanan, serta perikanan dan kelautan. “Sektor pertambangan, misalnya, memberikan kontribusi sekitar 9 persen terhadap total pajak dalam negeri,” ujar Johan. Ketiga, agenda ketahanan dan kedaulatan pangan. Menurut Johan, keseriusan pemerintah dalam upaya

swasembada pangan tecermin dari besarnya anggaran swasembada pangan. Pada 2014, katanya, nilai anggaran swasembada pangan sebesar Rp8,28 triliun untuk lima komoditas utama. “Bila tidak dikelola dengan baik, ini dapat memicu kerugian keuangan negara, baik dari aspek keuangan maupun nonkeuangan,” sambung Johan. KPK juga melihat bahwa kebijakan pengimporan komoditas pangan strategis masih sangat lemah dalam melindungi petani lokal. Kelemahan pada kebijakan tata niaga meliputi arah kebijakan yang tidak tepat yang dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu untuk kepentingannya sendiri dengan merugikan negara dan kepentingan publik. Agenda keempat adalah perbaikan infrastruktur. Johan mengatakan, hasil Survei Integritas Sektor Publik Indonesia tahun 2009 yang dilakukan KPK menunjukkan persepsi masyarakat pengguna layanan pada layanan publik di lingkungan Kementerian Perhubungan masih belum memuaskan.

Messi ... dari Halaman 1 “Tentu saja saya sudah mendengar semua komentar yang menyebutkan bahwa saya tidak antusias bermain untuk Argentina , bahwa saya tidak menyanyikan lagu kebangsaan atau tidak berkomitmen untuk mengenakan seragam timnas,” ujar pemain berjuluk La Pulga itu. “Itu menyakitkan karena saya telah berjuang untuk membela negara saya, tapi mereka justru mengecam saya dengan cara yang tidak adil. Sejak kecil, saya sangat mengharapkan untuk mendapatkan panggilan dari AFA (Asosiasi Sepak Bola Argentina),” ujar Messi. Menghadapi Piala Dunia 2014, pemain berkaki kidal ini juga mengungkapkan bahwa dirinya tidak ingin mengulang kejadian buruk yang terjadi beberapa tahun silam. “Memori terburuk yang saya miliki dari Piala Dunia adalah pada 2002, ketika kami harus tersingkir dari turnamen di Korea Selatan dan Jepang itu. Sungguh menyakitkan hanya bisa menyaksikannya dari kejauhan,” kata Messi mengakhiri.(inlc)

Diyakini ... dari Halaman 1 Mereka yakin bahwa Agnez bakal menguasai Amerika sebentar lagi. Hal ini diprediksi dari jumlah pengunjung di youtube yang mencapai 5 juta. Belum lagu permintaan lagu di radio akan single Coke Bottle yang mengantarkan Agnes ke peringkat 5 besar. Untuk ukuran penyanyi dari Asia, angka tersebut sangatlah fantastis mengingat hanya diperoleh dalam waktu sebulan saja. Kehadiran Agnez Mo memang sangat mengejutkan, terutama untuk industri pop Amerika. Selain itu dia juga menghapus streotype buruk akan artis dari Asia yang tak bisa mendaki ke puncak karir. Dedikasi Agnez akan karirnya memang tak bisa dipandang sebelah mata. Kerja kerasnya selama masih di Indonesia telah banyak membuahkan hasil dengan berbagai penghargaan yang ia terima. Begitu halnya dengan impian go international yang saat ini tengah dipupuk yang kelak akan menuai hal yang lebih besar lagi. Apakah prediksi Agnez Mo kuasai Amerika bakal terwujudkan? Jika iya, perempuan cantik kelahiran Jakarta 1 Juli 1986 itu akan mencatat sejarah yang mengubah stereotype artis Asia selama ini.(kplc)

Obama ... dari Halaman 1 Obama sebelumnya telah melontarkan sejumlah pernyataan. Namun, bagi para sekutunya yang diliputi kecemasan, pernyataannya tidak cukup. “Kami telah mendengar [sejumlah pernyataannya],” ujar Ryszard Schnepf, duta besar Polandia bagi AS. “Namun, saat diungkapkan secara terbuka di Warsawa, [segalanya jadi] berbeda. Tak hanya bagi kami, tapi juga perwakilan tertinggi negara-negara di kawasan.” Dalam KTT G-7 di Brussels, Obama akan mendesak para pemimpin dunia untuk menyepakati sanksi baru bagi perekonomian Rusia. AS dan Jerman telah sepakat untuk memberlakukan sanksi jika Rusia mengganggu pemilihan umum Ukraina. Setelah pemilu Ukraina berlangsung lancar, para pejabat AS takut para pemimpin Eropa akan melupakan krisis Ukraina dan tetap berhubungan dengan Putin. Obama akan berupaya menciptakan sejumlah ukuran baru demi menyiapkan sejumlah sanksi berikutnya.(iwsj)

Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Manado

Menerima Siwa Baru Tahun Ajaran 2014-2015 Telah dibuka

Drs Jemmy Kantale Kepsek

2

“Sebagai contoh, skor potensi integritas pada layanan uji tipe dan penerbitan sertifikat uji tipe kendaraan bermotor di lingkungan Ditjen Perhubungan Darat hanya mencapai 5,99 (peringkat ke68), di bawah standar minimal KPK (6,0)” katanya. Menurut Johan, hal tersebut menunjukkan masih adanya kelemahan dalam sistem pelayanan publik pada layanan tersebut, yang merupakan celah bagi terjadinya pemerasan atau suap. Agenda kelima, lanjutnya, adalah penguatan aparat penegak hukum. KPK menilai

proses penegakan hukum harus akuntabel. Proses pelaksanaan penegakan hukum, kata Johan, harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat, dengan berbasiskan pada kemanfaatan hukum dan keadilan bagi publik. “Dengan sendirinya, peningkatan citra positif aparat penegak hukum akan meningkat, seiring dengan kapasitas dan kompetensi dari aparat penegak hukum itu sendiri,” sambungnya. Keenam, agenda untuk mendukung pendidikan nilai integritas dan keteladanan. Menurut Johan, KPK mencermati bahwa akar

penyebab korupsi adalah sistem yang buruk dan karakter individu yang cenderung korup. Orientasi kesuksesan hidup yang berdasar hanya pada materi, katanya, membuat nilai-nilai moral semakin “sepi” diajarkan dalam keluarga ataupun lembaga formal. “Dampaknya, muncul sikap permisif masyarakat dalam menghadapi kasus korupsi di lingkungannya. Tentu saja kondisi ini sangat mengkhawatirkan dan merusak masa depan bangsa dan negara Indonesia,” tutur Johan. Ketujuh, agenda perbaikan

Kasus ... dari Halaman 1 Kasubdit Tipikor, AKBP Wiliam Simanjuntak SIK, ketika dikonfirmasi wartawan, membenarkan adanya pemeriksaan oknum kontraktor tersebut. Dikatakan Simanjuntak, oknum tersebut dipanggil penyidik untuk memberikan keterangan terkait pembangunan gedung Youth Centre, yang memiliki kerugian negara mencapai miliaran rupiah. “Iya, sementara diperiksa. Dia (kontraktor, red) baru pertama kali kita ambil keterangannya. Memang muncul pertanyaan, kenapa oknum kontraktor ini baru pertama diperiksa. Alasannya, dari hasil pengembangan pemeriksaan saksi-saksi, muncul nama dari oknum ini. Makanya kita panggil dan telusuri peran oknum ini dalam kasus Youth Centre ini,” ungkap Simanjuntak, di ruang kerjanya, kemarin siang. Dari pantauan wartawan di Mapolda Sulut, oknum kontraktor yang didampingi dua Penasehat Hukum (PH) yakni Deni Ngari SH dan Robert Watulingas SH, mulai menjalani pemeriksaan sejak pukul 09.30 Wita. Terpantau, sekitar pukul 13.00 Wita, oknum kontraktor yang mengenakan kemeja batik berwarna coklat tersebut, keluar ruangan untuk istirahat makan siang. Beberapa jam kemudian, pemeriksaan pun dilanjutkan. Nampak, oknum kontraktor tersebut sesekali keluar ruangan menuju toilet. Selanjutnya, sekitar tujuh jam lamanya diperiksa, pukul 17.30 Wita, dia bersama dua PH keluar ruangan.

Oknum kontraktor ketika diwawancarai wartawan, melalui kedua PH mengatakan, kehadiran kliennya untuk memenuhi panggilan Polda sebagai saksi kasus Youth Centre. Menurutnya, dari pemeriksaan tersebut ada beberapa pertanyaan yang dicecar penyidik terhadap kliennya. “Klien saya datang memenuhi panggilan penyidik. Baru kali ini dipanggil. Tadi sekitar 10 pertanyaan. Kalau soal kasusnya, kita serahkan penanganan ke penyidik. Itu saja belum bisa kami berkomentar lebih,” kata kedua PH tersebut, sembari berjalan menuju kantin Polda Sulut, samping Aula St Joseph. Sementara itu, informasi yang didapat dari sumber penyidik di Mapolda Sulut menyebutkan, pemeriksaan tersebut mulai dikembangkan karena masih ada beberapa unsur yang harus diungkap. Pasalnya, diduga kuat kasus Youth Centre ini memiliki kesamaan dengan kasus korupsi Hambalang yang memakai dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Kemenpora. Tak hanya itu, disinyalir kasus Youth Centre tersebut terindikasi kuat dengan adanya paket proyek yang bersamaan dengan pembangunan Hambalang. Meski demikian, sumber menyatakan bahwa hal tersebut sementara didalami penyidik Tipikor. “Kita masih kembangkan. Belum bisa penyidik ambil kesimpulan. Apakah sama mata rantainya

dengan Hambalang atau tidak. Yang kita dalami dulu, peran oknum kontraktor ini. Pemeriksaannya masih panjang, dan akan dilanjutkan besok (hari ini, red),” beber sumber. Sebelumnya, hasil audit kerugian negara yang dilakukan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulut, tinggal menunggu rekomendasi dari Badan Pengawas Keuangan (BPK). “Walaupun sudah ada tersangka, tapi penyidik belum bisa mengambil langkah lanjut untuk selesaikan kasus ini. Karena auditnya belum ada juga. Mungkin birokrasi di dalamnya hingga hasilnya belum diserahkan,” tandas Simanjuntak, belum lama ini. Diketahui, kasus Youth Center ini berbandrol Rp9,6 M dan teridentifikasi diselewengkan. Hal-hal yang mencurigakan adalah dana yang digunakan tidak m e n g a n t o n g i pertanggungjawaban. Ada beberapa item pun dinilai mengganjal dan tidak sesuai bestek. Secara kasat mata, Youth Center hanya seperti Balai Desa yang mewah. Tak hanya itu, penanganan kasus ini mulai berproses di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulut dengan dikirimnya Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP), yang diterima penyidik Tipikor Kejati. Dalam surat tersebut, tercantum nama oknum legislator Manado, RE alias Ronny Cs yang kini berstatus sebagai tersangka bersama dua oknum kontraktor.(erel/dw)

kelembagaan partai politik. KPK menilai, dengan membangun partai politik yang berintegritas, pemerintah turun menghadirkan kehidupan berpolitik yang demokratis, jujur, dan bebas dari korupsi. Menurut Johan, presiden selaku kepala negara harus melakukan penguatan terhadap sistem pendukung parlemen. “Penguatan menjadi bagian guna meningkatkan prinsip mengawasi dan mengimbangi berjalannya roda pemerintahan,” katanya. Kedelapan, agenda peningkatan kesejahteraan sosial. Menurut KPK, ada dua hal yang perlu diperhatikan oleh pemimpin terpilih, yakni berhati-hati dalam menetapkan kebijakan jaminan pensiun. Program jaminan pensiun, kata Johan, masih relatif baru dan dianggap sebagai pemicu krisis ekonomi di Eropa. Hal lain yang perlu diperhatikan calon pemimpin baru terkait kesejahteraan sosial adalah pembangunan tata kelola jaminan ketenagakerjaan yang bersih, transparan, dan akuntabel. “Ini mengingat, jumlah dana kelolaan yang nantinya terkumpul di BPJS Ketenagakerjaan cukup besar,” tambah Johan.(komc)

Apalagi, SBY mengaku telah mendapatkan laporan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi ihwal banyaknya kepala daerah yang mengajukan cuti untuk ikut berkampanye. “Boleh, tidak dilarang, tapi sesuai dengan aturan. Sabtu-Minggu hak saudara, ditambah satu hari kerja. Tapi tetaplah mengutamakan tugas pokok untuk mengelola dan menjalankan pemerintahan,” ucap SBY saat membuka rapat koordinasi nasional pemantapan pelaksanaan pemilihan umum presiden dan wakil presiden 2014 di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Selasa (3/6) kemarin. Presiden SBY juga menyebutkan ada kepala daerah yang mengintervensi penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 ini. Menurut SBY, intervensi dilakukan melalui berbagai bentuk intimidasi dan paksaan kepada pemilih. “Dalam pemilu legislatif 2014 lalu, saya masih mendengar ada semacam instruksi dari sejumlah bupati dan walikota. Jangan terjadi lagi,” kata SBY. Menurut SBY, para pengawas dan penegak hukum harus aktif untuk mencegah terjadinya penyimpangan dan pelanggaran pemilu itu. “Dalam hal terjadi penyimpangan dan pelanggaran, sanksi mesti

diberikan secara tegas dan adil,” ujar SBY. Selain instruksi dari kepala daerah, SBY mengaku telah mendengar semacam transaksi yang terjadi antara pemilih dan mereka yang akan dipilih dalam pemilu legislatif April lalu. Menurut SBY, perilaku ini berpotensi menghancurkan jalannya demokrasi di Indonesia. Karena itu, SBY mengajak seluruh pihak untuk menyelamatkan demokrasi di Indonesia. “Kalau itu yang terjadi, meskipun pemilu ini berjalan demokratis dan damai, masih jauh dari kriteria sebuah pemilu yang berkualitas,” ujar SBY. Selain itu, dia mengaku telah mendengar langsung adanya kecurigaan terhadap penghitungan suara di daerah selepas tempat pemungutan suara. “Mudah-mudahan tidak benar. Tapi, kalau benar, itu juga merusak sendi-sendi demokrasi dan pemilu,” tukasnya. Untuk itu SBY mengajak semua elemen bangsa memahami wewenang, kewajiban, tanggung jawab, dan tugas masing-masing. “Apakah itu penyelenggara pemilu, pemerintah, termasuk gubernur, bupati, dan wali kota, partaipartai politik, penegak hukum, aparat keamanan, jajaran TNIPolri, dan masyarakat luas,” kata SBY. (temc/komc/dw)

Black ... dari Halaman 1 Hal lain yang tidak boleh dilakukan capres-cawapres adalah memasang alat peraga kampanye di sarana publik seperti tiang telepon dan tiang listrik. “Baliho juga kami batasi,” ujar Hadar. Terkait jenis kampanye, Hadar menyatakan ada banyak bentuk kampanye, misalnya pertemuan terbatas, pertemuan tertutup, dan rapat umum atau rapat terbuka. “Jadwalnya jam 09.00 sampai 18.00 WIB,” kata dia. Bawaslu pun mengajak dua pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa (Prabowo-Hatta) dan Joko Widodo-Jusuf Kalla (JokowiJK), untuk tak saling menjatuhkan dan mencaci-maki dalam kampanye. “Pilpres kali ini hanya ada dua pasang calon. Kepada pasangan capres dan cawapres jangan saling mencari kekurangan. Jangan ada upaya saling melaporkan kepada Bawaslu. Yang kami inginkan adalah capres yang saling melengkapi. Itulah yang dikobarkan oleh Soekarno-

Hatta,” kata Ketua Bawaslu, Muhammad. Sementara itu Capres Jokowi berharap rakyat bergembira menyambut kampanye yang dimulai hari ini. Ia ingin Pilpres berjalan tanpa kecurangan dan kampanye hitam. “Kita ingin Pilpres 9 Juli bermartabat. Sebuah pemilihan yang berintegritas tanpa kecurangan, kampanye hitam, kekerasan, dan intimidasi. Karena demokrasi kita menyejahterakan, bukan mencelakakan,” kata Jokowi. Capres nomor urut 2 yang berpasangan dengan Jusuf Kalla itu mempersilakan rakyat untuk memutuskan pemimpin pilihan mereka. “Semua diserahkan pada rakyat karena yang berdaulat rakyat. Jokowi-Jusuf Kalla menghendaki apa yang disampaikan rakyat,” ujar Jokowi. Sebelumnya, Capres Prabowo menyatakan menghormati rival politiknya, Jokowi-JK, dan mengajak mereka bertanding secara sehat dalam pertarungan Pilpres

2014. “Jokowi adalah saudara saya juga. Jusuf Kalla adalah senior yang saya hormati. Mereka saya hormati. Kami di Koalisi Merah Putih akan menerima keputusan rakyat Indonesia,” kata Prabowo. Capres nomor urut 2 itu meminta seluruh pendukungnya untuk patuh pada aturan Komisi Pemilihan Umum. “Mari kita bertanding dengan baik dan sehat. Timbulkan iklim kesejukan bagi bangsa Indonesia,” ujar Prabowo. Ia menyerahkan sepenuhnya keputusan final soal siapa yang bakal menjadi pemimpin bangsa Indonesia lima tahun ke depan kepada rakyat Indonesia. “Apabila kami yang menerima mandat dari rakyat, kami akan terima. Apabila mandat itu diberikan kepada Jokowi, kami akan hormati keputusan itu,” kata Prabowo. Mantan Danjen Kopassus itu menyatakan yakin bahwa Jokowi-JK merupakan patriot bangsa yang cinta tanah air.(vinc)

satu gulungan undian di dalam sebuah kotak transparan. Prabowo menyimak saja semua yang dilakukan Jokowi. Tiba gilirannya, dia langsung mengambil satu gulungan lain yang masih ada di dalam kotak transparan. Husni meminta Jokowi dan Prabowo untuk tidak seketika membuka undian yang didapatkannya. Dia memandu hitung mundur dengan lima angka, dan kedua calon presiden membentangkan gulungan yang mereka ambil dari kotak transparan. Hasilnya, Prabowo memegang nomor 1 dan Jokowi mendapatkan nomor 2. Nomor urut Pemilu Presiden 2014 sudah didapat. Tiba giliran kedua calon presiden memberikan sambutan. Sesuai nomor urut, kali ini Prabowo tampil lebih dulu,

Hatta mendampinginya. Pada awal sambutan, Prabowo mengucapkan salam yang mewakili ucapan salam semua agama. Ia juga secara khusus menyebut nama Jokowi-JK dan Megawati. “Yang saya hormati Pak Jokowi, Pak Jusuf Kalla, Ibu Megawati, dan yang saya banggakan seluruh pimpinan partai pendukung,” kata Prabowo. Sambutan singkatnya mencakup ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran KPU untuk kinerja mereka dan berharap Pemilu Presiden 2014 dapat berjalan dengan baik dan benar. Lalu, giliran Jokowi memberikan sambutan dengan didampingi JK. Salam dan pengantar pembuka Jokowi disampaikan menggunakan bahasa Arab. Tak ada nama Prabowo-Hatta sepanjang sambutannya. Di ujung

sambutan, Jokowi langsung mengajak masyarakat memilihnya. Dia pun menyinggung arti nomor dua yang menjadi nomor urutnya di Pemilu Presiden 2014. “Dua adalah simbol keseimbangan. Ada capres, ada cawapres. Ada mata kanan, ada mata kiri. Semua harmoni dalam sebuah keseimbangan. Dan untuk menuju Indonesia yang penuh harmoni, penuh keseimbangan, pilihlah nomor 2,” ucap Jokowi. Siang itu berakhir sudah, seusai sambutan kedua calon presiden dengan sambutan riuh rendah elu dan puja dari para pendukungnya. Satu siang dengan sederet cerita itu diakhiri dengan berlalunya Jokowi-JK menumpang sebuah bajaj dan PrabowoHatta dengan mobil Lexusnya.(komc)

Satu ... dari Halaman 1 Megawati duduk di sisi kanan Jokowi, sebelum berturut-turut Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, dan Ketua Umum PKPI Sutiyoso. Prabowo mulai dengan menyalami Jokowi, lalu Megawati, Surya Paloh, Muhaimin, Sutiyoso, dan beberapa tokoh lain pendukung Jokowi-JK. Prabowo lalu beralih ke sisi kiri Jokowi, untuk menyalami JK, Mufidah Kalla, dan Iriana Widodo. Sebelum bersalaman dengan Sutiyoso dan Luhut Panjaitan yang masuk dalam tim pemenangan Jokowi-JK, Prabowo memberikan salam hormat ala militer lagi. Sementara itu, Hatta berada di belakang Prabowo, disusul oleh Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie, mengikuti semua langkah Prabowo menyalami satu per satu tokoh yang sudah lebih dulu tiba. Semua tokoh di ruang itu berdiri saat Prabowo menyalami mereka, kecuali Megawati. Ketua Umum PDIP yang pernah bersanding bersama Prabowo pada Pemilu Presiden 2009 ini tetap duduk

di bangkunya, meski dia tersenyum menyambut penghormatan Prabowo. PERTEMUAN PERTAMA Pertemuan para tokoh tersebut merupakan momen besar dalam tahapan Pemilu Presiden 2014. Baru pada pertemuan ini, semua tokoh dari kedua kubu berkumpul bersama dalam satu ruangan. Bagi Prabowo dan Megawati, kisah Pemilu Presiden 2009 adalah catatan khusus mereka. Adapun bersama Jokowi, Prabowo punya cerita beda dari Pemilu Gubernur DKI 2012. Setelah adegan salaman, rombongan Prabowo menduduki tempat yang telah disediakan. Posisinya berhadapan dengan rombongan JokowiJK. Sesaat setelah duduk, Prabowo terlihat mengambil tisu, mengelap keringat di wajahnya. Tak lama berselang, Ketua KPU Husni Kamil Malik meminta pasangan caprescawapres berpindah tempat duduk yang disediakan di barisan depan. Hatta duduk di sisi kiri Prabowo,

AHLI WC Kerja tanpa bongkar -WC Taprop, -Saluran Air -Balimas Parigi Hubungi:

0431-3628389 0852 5641 8871 0853 4045 2123

JUAL TANAH Terletak di tengah Kota Manado Jln Babe Palar (Rike) Luas Tanah 400 M SHM, Pojok, Mata Air Jernih (Sumur), Fondasi Pagar Keliling (Bebas Banjir). Harga Nego

Hubungi 085256888899 082187161269

sedangkan Jokowi-JK duduk berdampingan persis di sebelah kanan Prabowo. Saat duduk bersebelahan, Jokowi dan Prabowo tampak diam beberapa detik. Baru setelah itu, Jokowi terlihat memulai perbincangan dengan Prabowo. Jokowi tersenyum lebar, sedangkan Prabowo tampak menjulurkan lengan kanannya seraya merangkul pria yang mengenakan baju kotak-kotak itu. Acara inti dimulai, dan Husni terus memandunya. Sesuai mekanisme, masingmasing calon wakil presiden memiliki kesempatan mengambil nomor. Nomor tersebut akan menentukan siapa calon presiden yang berhak lebih dulu mengambil undian nomor urut Pemilu Presiden 2014. Penentunya adalah calon wakil presiden yang mengambil nomor urut lebih besar. Ternyata, JK mendapatkan nomor 8 dan Hatta mengambil nomor 4. Karena itu, Jokowi mengambil nomor urut terlebih dahulu, baru diikuti Prabowo. Sebelum mengambil undian, Jokowi terlihat berdoa sejenak. Barulah sesudahnya dia mengambil


SULUT KEBIJAKAN Warga Tomohon dapat pelatihan Jungle Rescue WALIKOTA Tomohon Jimmy F Eman SE Ak melalui Assisten Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, R M J Tangkawarouw SH membuka secara resmi kegiatan pelatihan Jungle Rescue bagi potensi SAR, Selasa (3/6) kemarin. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Balai Diklat Badan SAR Nasional bekerja sama dengan kantor Pusat Basarnas, Balai Diklat Rescue, Kantor SAR Manado, Pemerintah Kota Tomhon, Frits Mandiri dan Perkumpulan Tombulu di Lapangan ex-Rindam Kakaskasen Kecamatan Tomohon Utara. Dalam sambutannya, Tangkawarouw mengatakan bahwa kegiatan ini akan memberikan penguatan kapasitas masyarakat dan potensi SAR di wilayah Kota Tomohon. “Dalam bentuk pelatihan kepada para anggota yang berpotensi untuk dibekali ketrampilan dibidang SAR yang nantinya menjadi nilai tambah dalam pelaksanaan tugas-tugas di lapangan,” katanya. Lanjutnya, bahwa pelatihan ini merupakan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan personil dan kelompok dalam mengantisipasi bencana dan secara sistematik merupakan upaya menjalin komunikasi dan koordinasi sesama penggiat SAR agar tercipta jalinan yang erat sehingga apabilah terjadi bencana akan terdapat kesatuan pandang dan tindakan, dan bukan dijadikan sebagai kompetisi atau persaingan yang dapat mengurangi efektifitas dan efisiensi pelaksanaan operasi SAR. Kegiatan pelatihan ini difokuskan pada penanganan kedaruratan di gunung dan hutan atau yang lazim dikenal dengan sitilah Jungle Rescue. “Untuk itu diharapkan kepada seluruh peserta agar mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ini dengan baik, sehingga mampu menyerap semua pengetahuan yang diberikan oleh para instruktur dan narasumber, untuk nantinya dapat diterapkan dalam pelaksanaan tugas di lapangan,” katanya. Peserta pelatihan berjumlah 100 orang yang berasal dari unsur BPBD Kota Tomohon dan unsur warga tombulu yang ada di Minahasa dan pelatihan ini akan dilaksanakan selama 5 hari terhitung mulai tanggal 2 hingga 6 Juni 2014. Hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Utama Badan SAR Nasional Max Rulan Boseke MM Msi, Kepala Kantor SAR Kelas A Manado Suyanto Samijan, Sekretaris Jendral Pakasaan Matuari Tombulu Jabodetabek Wilson Matinas, Perwira Penghubung Kota Tomohon Mayor Inf I Ketut Sudanan dan Jajaran Pemerintah Kota Tomohon.(gebe)

PILHUT Minahasa bakal dilaksanakan serentak PELAKSANAAN pemilihan Hukum tua (Pilhut) seluruh desa di Kabupaten Minahasa, rencananya akan dilakukan secara serentak oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD). Kepala BPMPD Minahasa Djefry Sumendap Sajow SH, melalui Sekretaris Badan Ronald Rundengan mengatakan, sesuai Undang-undang (UU) Nomor 06 Tahun 2014, tentang desa, berdasarkan Pasal 31 ayat 1, dimana pemilihan kumtua akan dilakukan secara serentak di seluruh kabupaten/kota, namun penerapannya belum saat ini. Hanya saja ada edaran dari Mendagri yang menyatakan bahwa di tahun ini, merupakan tahun sosialisasi UU tersebut, sehingga bagi sejumlah desa yang telah berakhir masa kepemimpinan kumtuanya, untuk pemilihan akan ditunda pelaksanaannya,” ujar Rundengan. Untuk kepastian pelaksanaan Pilhut yang diadakan secara serentak, menurut Rundengan, hal ini masih menunggu peraturan pemerintah (PP) tentang petunjuk pelaksanaan. “Kita masih menunggu PP, bila itu sudah ada maka berarti kapan kepastian pelaksanaannya sudah bisa ditentukan,” pungkasnya.(try33)

RABU 4 JUNI 2014

3

Ombudsman minta pelayanan Pemprov Sulut ditingkatkan Minggu ketiga Juni akan dilaksanakan survey Manado—Sekprov Sulut, Ir Siswa Rachmat Mokodongan menekankan agar setiap Satuan Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemprov Sulut wajib tingkatkan kualitas pelayanan publik melalui pemenuhan komponen standar pelayanan publik sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik. “Termasuk didalamnya kualitas sumber daya manusia (SDM) dan sarana prasarana di instansi,” jelas Mokodongan di Kantor Gubernur Sulut belum lama ini. Jika perlu, katanya, tidak hanya dalam bidang administrasi pelayanan, akan tetapi juga sampai pada pemantauan infrastuktur dan fasilitas di setiap SKPD. “Toilet di setiap instansi pun bisa dipantau. Kalau

toiletnya kotor dan berbau, berarti menunjukkan bahwa pelayanan yang dilakukan di instansi tersebut tidaklah prima,” ungkapnya. Sementara itu, hal senada pun disampaikan Kepala Perwakilan Ombudsman Sulut, Hilda Tirayoh SH yang menyampaikan beberapa catatan kritis terhadap pelayanan publik di lingkungan Pemprov Sulut melalui hasil survey tahun 2013 yang lalu dimana mengukur tingkat kepatuhan SKPD di lingkungan Pemprov Sulut bahwa dari 15 SKPD ternyata terdapat hanya 2 SKPD yang berada di zona hijau (tingkat kepatuhan tinggi), 8 SKPD di zona kuning (tingkat kepatuhan sedang), sedangkan sisanya di zona merah yang artinya tingkat kepatuhan rendah. “Terhadap SKPD-SKPD tersebut, pada minggu

ketiga bulan Juni akan kembali dilaksanakan survey untuk melihat apakah terdapat perubahanperubahan setelah suvey sebelumnya dilakukan. Hasilnya nanti akan kami umumkan,” jelas Tirajoh. Sebagaimana dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik menyatakan bahwa setiap SKPD yang melakukan pelayanan publik, wajib menyusun standar pelayanan publik yang terdiri dari 14 komponen yaitu dasar hukum, persyaratan, sistem mekanisme dan prosedur, jangka waktu penyelesaian, biaya/tarif, produk pelayanan dan sarana prasarana. “Selain itu ada kompetensi pelaksana, pengawasan internal, penanganan pengaduan, saran dan masukan, jumlah

pelaksana, jaminan pelayanan, jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan, serta evaluasi kinerja pelaksana,” ungkap Tirajoh. Sementara itu, untuk transparansi, komponen komponen tersebut harus di publikasikan kepada masyarakat, selanjutnya setiap SKPD dan perlunya menyusun maklumat pelayanan yang merupakan pernyataan kesanggupan penyelenggara dalam melaksanakan pelayanan sesuai dengan standar pelayanan. “Menyusun visi dan misi juga perlu dibentuk tim penanganan pengaduan serta kotak pengaduan/saran dan harus melakukan survey Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) untuk mengetahui persepsi masyarakat tentang kualitas pelayanan yang dilakukan,” tambahnya.(try30)

PEMERINTAHAN

SHS: 2014, Sulut jadi tahun emas Manado—Tahun 2014 ini merupakan momentum bagi Sulut dan sangat tepat bagi rakyat Sulut. Pasalnya, di tahun ini, selain banyak menyelenggarakan iven internasional, juga ada agenda nasional yakni Pemilu Presiden (Pilpres) RI. Hal tersebut diungkapkan Gubernur Sulut, DR Sinyo Harry Sarundajang. “Tahun 2014 ini merupakan tahun kebangkitan menuju masyarakat Sulut yang berbudaya, berdaya saing dan sejahtera,” terang Gubernur di kantor Gubernur Sulut belum lama ini. Untuk itu dimintakannya,

agar rakyat Sulut harus membuktikan kedewasaan berpolitik dan matang dalam berdemokrasi. “Bagi setiap SKPD agar di tahun ini dapat mempersiapkan kegiatan-kegiatan yang berskala nasional dan internasional. Dikatakan sebagai tepat dan strategis karena bagi kita semua, untuk bekerja cerdas, bekerja keras, bekerja tuntas, bekerja iklhas, dalam kekompakan dan komitmen yang kuat untuk mewujudkan Sulut sebagai salah satu pintu gerbang Indonesia di kawasan Asia Pasifik,” ujar Sarundajang. Oleh karena itu, diharapkannya pula agar

masyarakat terus memperkokoh keyakinan dan senantiasa berharap kepada Tuhan serta terus berkomitmen untuk mengapai cita-cita yang menjadi harapan bersama. “Marilah kita bersamasama menjaga keamanan, ketertiban dan kerukunan. Kita mesti syukuri karena sampai saat ini, Provinsi Sulut senantiasa diberkati oleh Tuhan. Masyarakat senantiasa hidup dalam kerukunan dan kedamaian, di tengah perbedaan suku, agama, etnis dan budaya,” terangnya seraya mengatakan, jangan sampai kita mengorbankan nilai-nilai persaudaraan dan kita

harus santun dan elegan dalam berpolitik, memiliki hati nurani pemikiran yang cerdas dalam bersikap. Sarana prasarana pun, menurutnya, turut menjamin program pemerintah yang strategis 2014. “Selain peningkatan produksi dan produktivitas tanaman pertanian menuju swasembada beras. Pembangunan jalan tol, perluasan bandara dan pelabuhan kontiner, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan Kawasan industri, penambahan perluasan areal sawah dan pembangunan irigasi, serta perluasan jalan ManadoTondano.(try30)

BIMTEK

Sandi dan telekomunikasi penting bagi penyelenggara pemerintahan Manado—Sandi dan telekomunikasi merupakan bagian tugas penting untuk penyelenggaraan suatu pemerintahan. Hal itu dikarenakan, lembaga keamanan dan lembaga ilmu pengetahuan karena itu

persandian berperan mengamankan informasi yang tidak bisa diketahui pihak lain. Hal tersebut dikatakan Asisten III bidang Administrasi Umum Setdaprov Sulut, Andrianus N Watung. “Terutama pada system komunikasi tertutup atau rahasia, berita dan informasi itu merupakan obyek transmisi yang harus dilindungi,” terang Kawatu, saat membacakan sambutan Sekprov Sulut, Ir Siswa Rachmat Mokodongan dalam pembukaan Bimtek sandi dan Telekomunikasi se-Provinsi Sulut, di Ruang Mapaluse Kantor Gubernur Sulut, Selasa (3/6) kemarin. Dikatakannya, fungsi persandian yang terdapat

pada Pemda itu memiliki 2 aspek penting yakni, pembinaan dan operasional persandian. Sebab kedua aspek tersebut wajib dijalankan oleh organisasi agar informasi tetap terjaga kerahasiaannya disetiap SKPD, termasuk di Kabupaten/Kota. “Ini demi kualitas dan profesionalisme kerja bagi jajaran Pemerintahan Provinsi dan Kabupaten/Kota,” jelasnya. Dengan Bimtek tersebut, Watung berharap, agar pegawai dapat mengikuti semua proses dan prosedurnya sampai selesai nanti. “Kiranya benar-benar dapat menguasai ilmu tentang persandian dan telekomunikasi ini supaya

terwujud komitmen dan tekad untuk tata pemerintahan yang baik,” ungkap Watung, sembari mengatakan perlunya sumber daya aparatur yang benar-benar berkwalitas dan memiliki kompetensi aparatur yang handal. Hadir pada kesempatan tersebut sejumlah perwakilan Forkopimda Sulut, Kepala Biro Umum Setdaprov Sulut, Dra Femmy Suluh, Kepala Sandi Negara yang diwakili oleh kepala Seksi pengembangan SDM Sandi direktorat pembinaan persandian Lukman Nul Hakim SE MM dan para peserta dari SKPD Provinsi Sulut dan Kabupaten/Kota.(try30)

FESTIVAL TIK

Relawan keluarkan biaya Rp150 juta Manado—Respon masyarakat Sulawesi utara (Sulut) khususnya, pengenyam pendidikan dalam menghadiri Festival Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Gedung Manado Convention Center (MCC), terlihat antusias. Tak heran, dana yang dikeluarkan oleh Relawan Festival saja sebanyak Rp150 juta. Hal itu diutarakan oleh Ketua Panitia, Yaulie Rindengan di sela-sela kegiatan. “Dana itu murni dari relawan kegiatan ini,” ungkap Rindengan. Tak hanya itu, ia melanjutkan Pemprov Sulut dan Pemkot Manado juga ikut membantu. “Contohnya, biaya akomodasi, konsumsi perlengkapan baliho dan lainnya, “ ucapnya. Acara yang diadakan mulai dari 2 sampai 4 Juni yang diantaranya ada Rakernas, Talkshow, semi-

nar, Workshop itu memberikan manfaat yang menguntungkan bagi pendidikan TIK khususnya dalam hal berinternet baik untuk pengajar dan pelajar. “Materi pembelajaran pendidikan TIK khusus dalam hal berinternet, berguna untuk di ketahui dan di implementasikan di berbagai situsi kegiatan mendidik. Lihat saja mulai dari Dosen sampai siswa hadir pada acara ini,” ujarnya. Ketika ditanyai soal konsumsi yang tidak kebagian pada peserta yang hadir, ia mengungkapkan, hanya dibagikan khusus untuk peserta yang datang dari luar daerah. “Belum mengetahui berapa banyak, yang pasti hanya dibagikan ke peserta yang datang dari luar daerah,” katanya seraya berharap kegiatan ini bisa membantu pendidikan di dunia TIK.(try32)

PILPRES

Prabowo-Hatta tuai dukungan elemen mahasiswa Tondano—Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, terus mendapatkan dukungan dari publik. Buktinya, pemilik nomor urut 1 tersebut mendapatkan dukungan dari elemen mahasiswa. Komunitas relawan sukarela dari PrabowoHatta yang mengatasnamakan diri, sebagai Relawan Muda, memilih pasangan Prabowo-Hatta sesuai pertimbangan dan kajian tersendiri dalam internal mahasiswa. “Capres Prabowo memiliki rekam jejak yang jelas. Demikian juga dengan Hatta Rajasa dalam karir pemerintahannya telah terbukti. Indonesia akan jauh lebih baik ke depan, jika Prabowo jadi presiden, sebab bukan hanya berpengalaman dalam dunia militer, namun dunia bisnis pun telah dilakoninya hingga keluar negeri,” terang Spenser Senduk, yang juga berkecimpung dalam aktivis Badan Eksekutif

Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Unima, Selasa (3/6) kemarin. Hal senada dikatakan Ratno Opot, salah satu aktivis Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Minahasa, menurutnya Prabowo Subianto dikenal sebagai pemimpin yang berwibawa dan tegas. “Indonesia mampu bersaing secara global, ketika dipimpin sosok pemimpin tegas dan berwibawa, dan kami mendukung Prabowo,” tutur Ratna. Sementraa, Steviyani Tewu, salah satu aktivis perempuan juga mengatakan, Prabowo merupakan figur pemimpin yang peduli dengan masyarakat petani. “Mayoritas masyarakat Indonesia adalah petani. Harapan para petani untuk sejahtera, hanya ada pada pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Ini merupakan pasangan ideal untuk Indonesia yang sejahtera dan bermartabat,” tandas Tewu.(try33)


YUSTISIA

RABU 4 JUNI 2014

4

Buruh OS mengamuk di PN Manado Puluhan tahun bekerja tidak terima pesangon, gugatan ke Pertamina Lahendong ditolak AKPOL 2014 200 catar mulai jalani seleksi SETELAH proses seleksi Brigadir Polri tahun 2014 selesai dilaksanakan, kini pihak Polda Sulut kembali menghadapi tugas baru untuk melakukan seleksi penerimaan Akademi Kepolisian (Akpol). Sekitar dua ratusan pendaftar calon taruna (catar) Akpol yang berasal dari daerah nyiur melambai ini, siap bertarung dalam seleksi yang mulai digelar, Selasa (3/6) kemarin, di Mapolda Sulut. Tahapan seleksi ini pun sangat ketat, karena akan dipilih calon pemimpin Polri masa depan, yang siap memberikan pelayanan dan kontribusi terbaik bagi bangsa dan negara. Kepala Biro Sumber Daya Manusia (Karo SDM), Kombes Pol Ekotrio Budhiniar, ketika dikonfirmasi sejumlah wartawan mengatakan, seleksi Akpol tahun 2014 ini siap dilaksanakan pihaknya sesuai petunjuk dari Mabes Polri. Menurutnya, agenda tersebut sebenarnya akan dilakukan akhir bulan Mei, namun pihaknya masih terkendala dengan proses penerimaan Brigadir Polri. Meski demikian, terhambatnya pelaksanaan seleksi Akpol tersebut, tidak mengganggu jadwal lainnya yang siap dilaksanakan panitia penerimaan. “Seharusnya seleksi Akpol akhir Mei. Tapi masih Brigadir Polri belum selesai. Sekarang sudah tuntas, dan kita akan laksanakan seleksi Akpol tanggal 2 Juni. Pendaftarnya sekitar dua ratusan orang. Beberapa tahapan yang akan dilalui catar Akpol adalah pemeriksaan ridmin, kesehatan, psikologi, akademik, dan lainnya. Kemudian, beberapa catar yang lulus di daerah, akan melanjutkan seleksi di tingkat pusat. Disana ada tes toefl dan tes potensi akademik,” ujar Budhiniar, akhir pekan lalu, di ruang kerjanya. Lebih lanjut dijelaskannya, persyaratan masuk seleksi Akpol berbeda dengan penerimaan Brigadir Polri. Salah satu syarat adalah, para pendaftar harus memiliki nilai Ujian Nasional (UN) tinggi dan memiliki beberapa kemampuan termasuk akademik. “Akpol nilai UN harus 7,25. Kalau Brigadir hanya 6,0. Sesuai DIPA, Polda Sulut hanya mendapat jatah 3 orang Akpol. Jadi persaingan disini sangat ketat. Selanjutnya akan ada tes pusat di Semarang,” jelasnya. Sebelumnya, Budhiniar mengungkapkan bahwa pendaftaran Catar ditutup Jumat 25 Mei dan selanjutnya hasil pemeriksaan administrasi awal akan diumumkan keesokan harinya. Kemudian, untuk seleksi tahap satu akan dimulai 1 Juni hingga pengumuman kelulusan keseluruhan pada 28 Juni mendatang. “Seleksi Catar Akpol cukup panjang dan berbeda dengan penerimaan Brigadir. Untuk itu, kami berikan kesempatan bagi seluruh generasi muda di Sulut untuk mengikuti penerimaan Catar Akpol tahun ini. Semua proses seleksi maupun penerimaannya gratis tidak dipungut biaya. Untuk informasi lanjutnya, silahkan buka website penerimaan Akpol tahun 2014, atau mendatangi Polda Sulut di Biro SDM,” pungkasnya.(erel)

CURANMOR Motor dinas Pemkot Manado raib diparkiran kantor Gubernur KASUS pencurian di daerah ini, hingga kini terus saja terjadi. Bahkan, kali ini para pelaku pun semakin berani menggasak barang incarannya di wilayah perkantoran. Buktinya, Selasa (3/6) kemarin, sekitar pukul 14.00 Wita, kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) terjadi di pelataran parkir kantor Gubernur. Kali ini kendaraan dinas sepeda motor merek Suzuki Smash DB 6131 MN, milik kantor Dinas Agri Bisnis pemerintah Kota Manado hilang, Selasa (3/6) kemarin, sekitar pukul 14.00 Wita. Kejadian kehilangan kendaraan di pelataran parkir kantor gubernur sudah beberapa kali terjadi dan sampai sekarang belum terungkap. Dari informasi yang dirangkum, peristiwa tersebut berawal saat lelaki, Jowie Rawis (57), yang mengendarai motor tersebut datang ke kantor Gubernur Sulut, sekitar pukul 11.00 Wita, untuk menyelesaikan urusan. Sekitar 4 jam berada di dalam kantor gubernur dan saat akan pulang sekitar pukul 14.15 Wita, korban mendapati motornya sudah tidak ada ditempatnya lagi. Merasa dirugikan, korban langsung datang melapor di Polresta Manado. Kapolresta Manado Kombes Pol Drs Sunarto, melalui Kasubag Humas Polresta Manado, AKP Johny Kolondam, ketika dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut.(erel)

NOMOR LAYANAN EMERGENCY KEPOLISIAN Posko Siaga Polda SPK Polda Sulut SPK Polresta Manado SPK Polsek Pineleng SPK Polsek Urban Wanea SPK Polsek Urban Malalayang SPK Polsek Sario SPK Polsek Urban Wenang SPK Polsek Pelabuhan SPK Polsek Tikala SPK Polsek Mapanget SPK Polsek Singkil SPK Polsek Tuminting Mapalus Kamtibmas

0431-866476/864319 0431-870416 0431-321001 0431-822-129 0431-824233 0431-836774 0431-855973 0431-857965 0431-851875 0431-859454 0431-816064 0431-812842 0431-852591 110

Manado—Keinginan para buruh Out Sourching (OS) untuk mendapatkan pesangon dari pihak Pertamina Lahendong, pupus sudah. Pasalnya, gugatan mereka harus ditolak oleh Majelis Hakim Elfran Basuning SH MHum, dalam sidang yang digelar, Selasa (3/6) kemarin, di Pengadilan Negeri (PN) Manado. Dalam sidang dengan agenda putusan tersebut, Hakim memutuskan bahwa gugatan dari 10 buruh tersebut, tidak sesuai dengan peraturan ketenagakerjaan. Sebab, yang dimungkinkan bahwa pekerjaan yang dilakukan bukan bisnis murni. “Penolakan ini sudah berdasarkan aturan yang berlaku tentang tenaga kerja. Yang bekerja bukan dalam bisnis murni,” tegas Basuning. Menariknya, setelah mendengarkan putusan dari Majelis Hakim, salah satu dari penggugat yakni Muhadi Saleh (50-an), warga Kelurahan Tomohon Selatan, Lingkungan II, Kecamatan Uluindano, Kota Tomohon, yang telah bekerja selama 24 tahun, merasa keberatan dengan putusan tersebut. Bahkan, Saleh meluapkan emosinya dengan meneriaki Hakim. Menurutnya, Hakim telah berpihak kepada Pertamina. “Saya mewakili para buruh, merasa kecewa dengan putusan ini. Sebab kami

CABUL

Gagahi anak tiri buruh bangunan jadi pesakitan

SALAH satu penggugat, Muhadi Saleh, mengamuk di PN Manado, usai mendengar gugatan mereka ditolak Hakim.(foto: onal/sk)

sudah bekerja selama puluhan tahun, kenapa kami tidak diberikan pesangon saat diberhentikan secara tidak hormat oleh Pertamina Lahendong,” teriak Muhadi di depan Hakim. Tak hanya itu, Saleh pun menegaskan bahwa mereka sudah mendatangi Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) untuk mempertanyakan status mereka sebagai buruh di Pertamina. Dijelaskannya, pihak Disnaker telah memberikan solusi serta membicarakan hal ini kepada Pertamina, agar supaya mereka diangkat sebagai karyawan tetap. Kejelasan itu pun telah disetujui oleh Manager Pertamina Lahendong,

dengan memerintahkan bagian kepegawaian di Pertamina Lahendong, agar para buruh ini mengajukan lamaran kembali dengan mengikuti tes. Ironisnya, lamaran yang diajukan beserta dengan tes, oleh pihak Pertamina para buruh ini dinyatakan tidak lulus. Ketidak lulusan dari para buruh inilah yang membuat mereka mengajukan gugatan. Sebab, dari ketidak lulusan tersebut mereka dinyatakan untuk diberhentikan secara tidak hormat, dan tidak menerima pesangon sedikit pun. Jika dibandingkan dengan kasus serupa yang dialami oleh salah satu cleaning service, yang hanya bekerja selama 1

tahun kemudian dipecat, malah mendapatkan pesangon dari Pertamina sebesar Rp15 juta. “Kami selaku buruh yang telah bekerja selama puluhan tahun, hanya meminta hak kami. Kenapa hanya tenaga cleaning service yang diberikan pesangon, sedangkan kami tidak,” kesal Saleh. Lebih tragis lagi dibeberkannya, kalau ada dari salah satu karyawan tetap Pertamina Lahendong, yang saat kasus ini sedang disidangkan sempat mengeluarkan perkataan, bahwa para buruh ini tidak akan menang melawan Pertamina. Sebab, Pertamina dinyatakan memiliki banyak uang.(erel)

BRIGADIR POLRI

675 casis di 4 daerah dididik 7 bulan di SPN Karombasan Manado—Setelah menetapkan kelulusan seleksi Brigadir Polri tahun 2014, kini tahapan untuk mengenyam pendidikan pun resmi dijalani para calon siswa (casis). Sebanyak 675 casis dari empat daerah yakni Sulut, Gorontalo, Maluku Utara dan Maluku, akhirnya masuk markas Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Karombasan, Manado, untuk mengikuti pendidikan pembentukan anggota Polri selama tujuh bulan. Proses ini resmi dimulai, setelah pihak Polda Sulut melaksanakan upacara pembukaan pendidikan yang digelar di SPN Karombasan, Selasa (3/6) kemarin. Dalam Amanah Kapolri Jenderal Drs Sutarman, yang dibacakan Wakapolda Sulut, Kombes Pol Charles H Ngili SH MH mengatakan, kegiatan pembentukan Brigadir Polri tahun anggaran 2014, dilaksanakan secara

serentak se-Indonesia di Sepolwan, Pusdik Gasum, Pusdik Binmas serta 28 SPN. Diungkapkannya, dengan dibukanya pendidikan tersebut, para Brigadir ini memiliki peran penting sebagai petugas Polri pada garda terdepan yang selalu bersentuhan langsung dengan masyarakat. “Diharapkan lembaga pendidikan Polri mampu menyelenggarakan sistem pendidikan yang berkualitas dan profesional. Proses pendidikan relatif singkat ini, harus dirancang secara baik disertai komitmen, sehingga peserta didik memperoleh bekal pengetahuan dan ketrampilan yang menunjang pelaksanaan tugas di lapangan,“ ungkap Ngili, dihadapan para casis di lapangan SPN Karombasan. Lebih lanjut ditegaskannya, ada 5 poin yang harus dipedomani peserta didik antara lain, siapkan fisik dan mental

dalam menjalani pendidikan, tanamkan tekad semangat dan motivasi tinggi untuk belajar, jalin kebersamaan kekompakan dan keakraban antar sesama peserta didik, instruktur maupun pelatih, manfaatkan waktu pendidikan seoptimal mungkin, serta segera pelajari pahami dan patuhi etika profesi dan nilai moralitas. “Beberapa poin sangat penting dan harus diperhatikan para peserta casis. Selain itu, kepada para kepala sepolwan, kapusdik, diminta untuk mendidik, melatih dan mengasuh para peserta didik, sehingga menjadi insan Bhayangkara yang mahir, terpuji dan patuh hukum,“ tegasnya. Sementara itu, Kepala SPN Karombasan, AKBP Satake Bayu SIK menyatakan, pihaknya telah siap membina, mendidik dan melatih para casis tersebut. Selain itu, ia berharap para

casis untuk selalu memperhatikan fisik dan mentalnya, serta materi pendidikan yang diberikan para instruktur dan pelatih. Satake pun menjelaskan, kurikulum yang digunakan sesuai dengan keputusan Kalemdikpol nomor: Kep/ 157/IV/2014 tanggal 8 April 2014, tentang kurikulum pendidikan pembentukan Brigadir tugas umum (Gasum) tahun anggaran 2014. “Pendidikan dilaksanakan di SPN Karombasan, Manado, selama 7 bulan dengan jumlah Jam Pelajaran (JP) sebanyak 1400 JP, dengan pola pendidikan meliputi, 2 bulan pembentukan dasar Bhayangkara, 4,5 bulan pengetahuan profesi kepolisian, 0,5 bulan pembulatan pendidikan. Peserta pendidikan berjumlah 675 orang terdiri dari, Polda Sulut 89, Polda Gorontalo 298, Polda Maluku Utara 263, Polda Maluku 25," pungkas eks Kapolres Bitung itu.(erel)

Manado—Lelaki RB alias Robby alias Stenly (42), warga yang menetap di Kelurahan Bahu, Lingkungan V, Kecamatan Malalayang, Manado, akhirnya harus menjadi pesakitan di Pengadilan Negeri (PN), Manado. Pasalnya, Stenly diseret ke meja hijau atas kasus pencabulan terhadap anak tirinya, sebut saja Jelita dimana masih berusia 6 tahun. Buruh bangunan ini didakwa Jaksa Penuntut Umum (JPU), Togas Maxi Kartika SH, Selasa (3/6) kemarin, di depan Majelis Hakim yang diketuai Jimmy Lantu SH, Darius Naftali SH serta Djainuddin Karanggusi SH MH dan dibantu Panitera Pengganti (PP), Ni Ketut Susan SH. Dalam dakwaan JPU, terungkap perlakuan bejat dari terdakwa tersebut dilakukan sejak Maret 2013 hingga Februari tahun 2014. Pelaku melakukan aksi bejatnya di samping rumah makan Losari Malalayang dan di rumah mereka. Kejadian pertama, terdakwa mengajak korban yang merupakan anak pasangannya, pergi memancing ikan. Saat itu korban sedang bersama ibunya di tempat kerja. Tidak curiga, korban pun mengiyakan ajakan ayah tirinya tersebut. Di Tempat Kejadian Perkara (TKP), pertama di samping rumah makan Losari, terdakwa mengajak korban untuk berhubungan layaknya suami istri. “Ayo baku geli,” ajak terdakwa. Lalu, terdakwa memegang (maaf) kemaluan korban dan membuka celananya. Terdakwa juga melucuti

celananya. Saat itu juga terdakwa langsung berbuat mesum dengan gadis ingusan itu. Usai bercinta, terdakwa membujuk korban dengan uang Rp2000, dan mengancam agar tidak memberitahu kepada ibunya. Ancaman itu memaksa korban untuk tutup mulut. Dua hari berselang, terdakwa kembali menggagahi korban hingga menumpahkan spermanya di (maaf) vagina. Seperti aksi perdananya, korban kembali dibujuk dengan uang dengan nilai yang sama. Bahkan saat itu, korban diancam akan dipukul jika membeberkan peristiwa tersebut. Pelampiasan napsu birahi terdakwa dilakukan hingga empat kali. Kali kelima, Kamis 6 Februari 2014, sekitar pukul 16.00 Wita, terdakwa kembali meniduri korban di kamar tidur mereka. Puas menyalurkan napsunya, terdakwa langsung mengenakan celananya, begitu juga korban. Namun sementara korban memakai celana, terdakwa membuka pintu kamar dan terkejut ketika melihat ibu korban sudah berdiri di depan pintu tersebut. Sang ibu melihat terdakwa dan korban ada di dalam kamar. Disitu langsung ditanyakan kepada terdakwa, apa yang telah dilakukannya terhadap korban. Terdakwa pun tak menyangkal jika dirinya telah menodai korban. Atas perbuatan tersebut, terdakwa dijerat dengan Pasal 81 ayat (1) UU RI No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.(rees)

KASUS PEMILU

Pembawa lari kotak suara di Teling Bawah diadili Manado—Lelaki Reki Walangitan alias Kiki (30), warga Kelurahan Teling Bawah, Lingkungan III, Kecamatan Wenang kota Manado, harus menjalani sidang perdananya di Pengadilan Negeri (PN) Manado, Selasa (3/6) kemarin. Dihadapan Majelis Djainudin Karanggusi SH MH Jaksa Penuntut Umum (JPU), Mita Ropa SH, membacakan dakwaannya. Dimana perbuatan yagng dilakukan oleh terdakwa diketahui terjadi Rabu (9/4) lalu, sekitar pukul 15.00 Wita, di lokasi Tempat Pemunggutan Suara (TPS) IV, di daerah pemilihan (dapil) WenangWanes, yang terletak di Kelurahan Teling Bawah. Disini, terdakwa membawa lari salah satu kotak suara. Saat itu saksi Susan Ongly Youke, sementara bertugas menjaga atau pengamanan TPS

IV. Dirinya sedang berada di ruang tunggu untuk tamu undangan yang akan melakukan pencoblosan. Susan melihat terdakwa memikul kotak suara dari dalam TPS IV, menuju ke arah atas. Susan akhirnya mengejar terdakwa, dan sesampainya di pos kamling terjadi tarik menarik kotak suara tersebut. Untunglah ada lelaki yang saat berada disitu, yang membantunya sampai akhirnya kotak suara tersebut bisa diambil kembali dan dikembalikan di TPS IV. Akibat perbuatan terdakwa, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU), sebagaimana diwakili oleh saksi Jein Crhistine Maengkom, mengalami kerugian Rp2,5 juta. Akibat dari perbuatan tersebut, terdakwa diancam pidana dalam pasal 362 KUHP.(rees)

DUGAAN KEKERASAN

Laporan penganiayaan 4 WNA di Pulau Bangka mulai berproses Manado—Kasus dugaan kekerasan terhadap empat Warga Negara Asing (WNA), asal Amerika, Belanda, Jerman dan Swiss yang terjadi di perairan pulau Bangka, kini mulai ditindaklanjuti pihak Polda Sulut. Laporan kasus tersebut, siap ditangani Subdit III Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras), setelah sebelumnya Senin (2/ 6), dilaporkan ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Sulut oleh, Angelique Batuna, yang merupakan pemilik resort Murex. Kabid Humas Polda Sulut, AKBP Wilson Damanik SH, ketika dikonfirmasi wartawan, membenarkan adanya laporan tersebut. Dikatakannya, laporan tersebut telah direkomendasikan ke Subdit Jatanras untuk ditindaklanjuti. Menurutnya, Polda Sulut akan membentuk tim untuk menelusuri kebenaran laporan tersebut. “Laporan-

nya sudah masuk Jatanras tadi (kemarin, red). Tentunya akan ditangani oleh penyidik,” ujar Damanik, Selasa (3/6) kemarin, di Mapolda Sulut. Lebih lanjut juru bicara Polda Sulut itu mengungkapkan, bahwa ke empat wisatawan asing tersebut pun nantinya akan memberikan keterangan di hadapan penyidik. Dikatakannya, para wisawatan tersebut akan di BAP dan direncanakan akan dilaksanakan Rabu (4/6) hari ini. Ketika ditanya kejadian tersebut terjadi dan diduga terlibat oknum Polisi yang melakukan kekerasan, Damanik pun membantahnya. "Selama ini Polda maupun Polres Minut telah menarik anggota dilokasi. Pihak kepolisian kan bisa melakukan pengamanan jika terjadi sesuatu hal pada perusahaan tersebut. Apalagi, perusahan tersebut telah mengantongi izin dari

pemerintah. Kalau memang belum ada, silahkan dipenuhi izinnya,” katanya. Diketahui, pada pemberitaan sebelumnya, empat Wisatawan asing ini diduga dianiaya dan disandera oleh perusahaan tambang PT Mikgro Metal Perdana di pulau Bangka, pada Sabtu (31/5) pekan lalu, sekitar pukul 09.30 Wita. Kejadian tersebut berawal ketika pemilik-pemilik resort diving di pulau Bangka dan sekitarnya dikagetkan dengan panggilan darurat dari satu diantara resort selam yang ada di Bangka. Panggilan darurat tersebut pun menyatakan bahwa ada empat wisatawan masing masing-masing berasal dari Amerika, Belanda, Jerman dan Swedia yang sedang menyelam, tiba-tiba perahunya dibajak orang tak dikenal. Perahu yang disewa bersama ke empat wisatawan tersebut dianiaya kemudian dibajak oleh staf sekuriti PT

MMP ke darat dan semua kepunyaan disita, lainnya dicuri. Hanya setelah ditahan kurang-lebih 1.5 jam di kantor PT MMP di Desa Ehe mereka dilepas karena ada tokoh masyarakat dari desa Kahuku datang membantu. Tetapi semua material foto dan film dibawah laut dimusnahkan oleh orang keturunan China yang saat itu berada di situ. Satu diantara wisatawan tersebut pun mengungkapkan bahwa mereka kecewa dan hal ini merupakan pengalaman yang paling buruk bagi mereka. Hanya menyelam selama 30 menit di Sipi point yang sebelumnya merupakan lokasi diving cantik, tetapi sekarang hancur karena PT MMP membangun dermaga. Pimpinan security tersebut pun menyatakan bahwa pihaknya telah mengantongi izin pemerintah untuk berada disini dan lakukan apa saja.(erel)


PENDAPAT

RABU 4 JUNI 2014

SWARA KAMI

SWARA ANDA

Kisah kabut penghalang TERMINOLOGI rakyat, sebuah kata yang jauh dari rasa keadilan. Regulasi yang tak pasti mengirisiris posisi tawar rakyat sebagai pemilik hak kelola di atas tanah merdeka yang masih terjajah oleh kebijakan yang dicipta oleh bangsa sendiri. Saban hari kita memuja slogan seakan pembangunan dan segala kata adalah bagi keadilan dan setaranya rakyat di depan hukum. Produk hukum dan kebijakan dicipta untuk menindas rakyat. Sementara negara lebih banyak berpura-pura dalam menegakan keadilan, kebenaran, dan kemanusiaan. Indonesia masa kini tidak akan terlepas dari apa yang telah dipraksiskan dan dibentuk oleh pemerintahannya pada masa lalu; tentunya pemerintah sangat dominan untuk membangun suatu negara dibanding masyarakatnya, karena di Indonesia masyarakat hanyalah pelaku pasif dari apa yang dikehendaki oleh kepnetingan pemerintahnya yang lebih mengutamakan kepentingan pribadi dan golongan, serta cari aman bagi kursi kekuasaannya. Rakyat hanyalah pelengkap dari proses kepemimpinan, karena rakyat merupakan obyek dari kekuasaan, tidak lain dari itu! Rakyat traumatis akan hadir bersamaan dengan setiap pergantian pemerintahan di republik ini, dan masyarakat depresif merupakan pelengkap sempurna ketika pemerintahan tersebut tengah berpraksis. Ini adalah realita, yang mana realita tersebut tidak pernah dipertemukan dengan keadilannya, ataupun realita tersebut selalu disembunyikan dari memori kolektif masyarakatnya. Masyarakat selalu dibangun dalam ruang yang harus melupakan realita sejarahnya, ataupun berdamai dengan masa lalunya, sehingga masyarakat selalu dihadapkan dengan suatu dilema tentang praksis keadilan. Dengan segala kerendahan hati, dapatlah kita bilang bahwa kabar ini juga adalah slogan yang menderas dengan segala kepentingannya. Mungkin juga tentang sangsinya saksi-saksi kebiadaban hukum pemenggal keadilan. Itulah yang lalu kita sebut-sebut belum mempengaruhi harga. Jangan lagi tanya tentang realita, bila hanya mendenguskan keraguan baru bahwa sekarang ada gejolak turun harga yang belum pengaruhi harga bahan-bahan kebutuhan pokok di seluruh Indonesia. Coba tanya orang per orang yang ada di daerah kita, dan di daerah manapun di negara kita. Apa jawab mereka tentang soal krisis yang sudah menyulut banyak persoalan baru. Arahkan perbincangan ini pada solusi yang lebih masuk akal, supaya bantuan yang dibilang tunai itu hanya jadi kabut penghalang bagi ketidakadilan yang merajalela dengan slogan kaya. Di ruang lain, pengadilan hanya merupakan tipuan formalitas belaka, sebab tak dapat dibayangkan jika dipahami secara logika tak mungkin penguasa diadili oleh kroni dan bawahan dalam jenjang struktural. Dan itulah komitmen yang telah dipatrikan sebagai bagian dari penyembahan terhadap berhala yang bernama penguasa. Pengadilan in absentia sebagai bagian dari penegakan hukum memungkinkan kesungguhan pemerintah untuk tetap berlaku adil dalam mengedepankan supremasi hukum dan dalam mengembalikan harta rakyat yang dirampoki kebijakan penguasa, ternyata itu bukanlah pilihan akhir. Komisi Pemberantasan Korupsi tak punya nyali untuk membawa para koruptor kakap ke pengadilan. Demikian juga hakim, yang tak punya kesungguhan serta kesanggupan untuk memutuskan koruptor musti masuk kurungan. Contoh kejahatan seperti ini sudah jelas ada di wilayah kita, tapi sayang kejahatan itu tak mau diberantas. Mungkin tunggu saat, tunggu lupa dan hibah masa datang dengan issue lain berhembus menghanyutkan perkara lama, lalu kita memuja baru, slogan yang terus berputar-putar dan bikin pusing. Di ruang berita pun tempat rakyat sudah berdesak dengan banyak produk pesanan. Dan bagi pembangunan, rakyat selama ini adalah penonton terhadap aktivitas pembangunan itu, dan kapan saja dapat diusir dari tanahnya. Apalagi regulasi yang dibangun dewasa ini masih berkutat pada kewenangan yang sentralistis dan belum sedikitpun memalingkan mata pada realita rakyat sebagai salah satu aset yang semestinya dikembangkan dan diberdayakan secara berkeadilan. Produk hukum yang dulu digunakan oleh Belanda kepada negara jajahannya, hingga hari ini produk itu masih terus dipakai penyelenggara negara kita untuk menistakan keadilan dan kebenaran yang sahih. Selama ini penyelenggara negara telah melakukan suatu penyederhanaan terhadap prinsip tentang konstruksi keadilan, terutama konstruksi keadilan yang seharusnya dibangun pada relasi antara masyarakat dengan negara. Jadi di manakah letak keadilan itu, ketika keadilan hanyalah suatu hiasan pada dinding-dinding demokrasi? Perjalanan negara setelah reformasi hingga hari ini, banyak sekali produk hukum dan aturan yang dihasilkan dan menjadi proyek megah yang menghabiskan banyak dana untuk panitia yang membahas isi dan relevansinya. Sayang beribu sayang, bertumpuktumpuk dokumen itu menjadi sia-sia saja karena tidak efektif. Korupsi tetap ada di mana-mana, pungutan liar yang ditarik lebih kejam dari pajak, retribusi tanpa arah. Dana ‘asmara’ membakar yang jadi persoalan di negeri kita sepertinya sudah hilang dari lembar berita, menurut banyak pihak hanya menciduk mereka yang jadi kambing kurban saja, kambing benerannya masih ngembik kian-kemari dan doyan sekali bikin statement untuk dikonsumsi publik. Tapi, mungkin semua juga sudah didoakan supaya menjadi ‘agak’ tenang kembali. Kondisi ini harus segera sudahi. Redaksi

REDAKSI menerima tulisan dalam bentuk opini, cerita, puisi atau apa saja. Redaksi berhak mengedit tulisan tanpa mengurangi makna yang dikandung tulisan itu. Kirimkan tulisan anda ke: redaksi@swarakita-manado.com atau langsung di antar ke redaksi d/a: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado Telp: 0431 841060, Fax: 0431 841071

5

Ciptakan masyarakat mandiri

Adu Kuat Jokowi VS Prabowo (2) Oleh : Herdiansyah Rahman *) KECIL kemungkinan bagi warga Muhammadiyah untuk mendukung Jokowi mengingat klaim dukungan KyaiKyai NU yang dibawa oleh PKB dan JK terhadap Jokowi. Memang sejumlah tokoh struktural NU seperti SaidAgil Siradj telah menegaskan aspirasi pribadinya untuk mendukung Prabowo, namun hal ini belum dapat dipastikan akan mencerminkan aspirasi umatnya. Karena itulah, wajar jika Prabowo kemudian menarik Mahfud MD sebagai Tim Sukses dengan harapan mendulang suara warga Nahdliyin. Telah menjadi rahasia umum bahwa seolaholah terjadi rivalitas politik antara NU dan Muhammadiyah sehingga sulit untuk bertemu dalam kepentingan politik yang jangka panjang. Sedangkan pada pilihan isu politik, program politik disertai dengan jargon-jargon yang sangat nasionalistik, heroik dan

menunjukan spirit of fighting dapat menjadi magnet bagi pemilih dari kalangan nasionalis dan konservatif yang selama ini dianggap massa loyal dari PDIP. Begitupula dengan aspek personifikasi sebagai pemimpin, kemampuan komunikasi massa dan penguasaan isu-isu krusial bangsa merupakan kualitas individual yang dapat dieksploitasi sebagai instrumen persuasi pemilih kritis yang biasanyamengambil keputusan pada last minute menjelang pilpres. Berbeda dengan Prabowo, gayalowprofiledanrileksJokowi dapat menjadi alternatif bagi kejenuhan masyarakat terhadap gaya pemimpin yang monoton dan cenderung formalistik. Personifikasi Jokowi ini menghadirkan suasana baru bagi pemilih dalam menilai kualitas individual para pemimpin. MeskiJokowidalam berbagai kesempatan dikritik karena dianggap tidak menguasai masalah dan tidak

KESEPAHAMAN ETIS KOALISI (3/selesai) Oleh : Danang Sangga Buwana *) IKATAN ini menjadi sarana penting dinamika politik untuk mengakhiri fluktuasi politik masa transisi, utamanya bagi implementasi sistem presidensialisme. Kedua, menjamin transparansi demokrasi. Dengan kesepakatan tertulis dan diketahui secara luas, publik akan mengetahui keberpihakan parpol dalam kontestasi politik membangun demokrasi. Hal itu dilakukan, selain untuk memberikan kedewasaan dan literasi politik masyarakat, juga untuk membangun kembali

kepercayaan mereka kepada parpol, khususnya terkait dengan konsistensi perjuangan parpol untuk kepentingan rakyat. Baik yang dilakukan oleh partai pendukung pemerintah maupun partai oposisi. Memang ada serangkaian kelemahan, misalnya kekhawatiran adanya intervensi, baik oleh parpol kepada kebijakan pemerintah atau pun sebaliknya. Untuk itu musti dijelaskan detail kesepahaman yang ada di dalam akta notaris. Pada prinsipnya, keraguan itu dapat diatasi dari transparansi aturan yang mengikat.

punyakonsepyangjelas,namun sikap low profile dan rileksnya mampu menjadi insentif politik baginya meraih simpati massa. POTENSI KELEMAHAN Dalam konteks kelemahan, kekuatan politik pendukung Prabowomerupakanbagiandari kekuasaan sekarang yang dirundung banyak masalah, terutama hukum. Partai pendukung Prabowo setidaknya mudah untuk diasosiasikan dengan berbagai persoalan pemerintahan sekarang yang menjadi sorotan publik, serta potensial terjerat dalam kasus-kasus hukum yang

dapatdieksploitasisebagainegative maupun black campaign. Lihat saja persoalan yang menerpaSuryaDarmaAli(PPP) yang segara dijadikan celah untukmendelegitimasiPrabowo. Hal ini berbeda dengan komposisi partai pendukung Jokowi yang sebagian besar merupakan partai oposisi dan partai baru, kecuali PKB, sehingga relatif aman dan mudah berkelit dari persoalanpersoalan kelemahan pemerintahan yang dapat dieksploitasi sebagai negative campaign. Secara individual, Prabowo memiliki handicap berupa isu pelanggaran HAM yang saat ini digunakan sebagai senjata

lawan-lawan politiknya menyerang personifikasinya. Meski persoalan HAM itu telah diklarifikasi dalam berbagai kesempatan, namun opini terlanjut terbentuk dan dieksploitasi sedemikian rupa. Isu ini bisa saja tidak akan efektif, tetapi akan menjadi sandungan terutama mengingat legitimasi internasional. Sedangkan Jokowi akan menghadapi persoalan-persoalan yang ditimbulkan oleh orang-orang dekatnya yang diduga mengambil kesempatan guna meraih keuntungan materil maupun politik dengan cara melanggar hukum.(bersambung)

DEMOKRASI BERKEDAULATAN (2) Oleh : Danang Sangga Buwana *) KEMAMPUAN negara diuji agar dengan kinerjanya baik untuk merumuskan dan melaksanakan kebijakan, efisiensi administrasi dengan birokrasi minimum, pemberantasan korupsi, menjamin adanya transparasi dan akuntabilitas pada semua institusi pemerintahan serta yang paling penting adalah upaya penegakan hukum. Kemerdekaan yang dirasakan oleh bangsa ini dikatakan oleh soekarno hayalah pintu gerbang, artinya dimana dan kemana kita akan membangun bangsa ini ditentukan oleh generasi penerusnya. Menghadapi permasalahan nasional yang begitu kompleks bangsa ini hanya dipertemukan dengan dua pilihan yaitu mati atau bangkit. Untuk menjadi bangsa yang bangkit maka bangsa ni perlu melihat aspek mana saja yang perlu diperbaiki dan diprioritaskan,

karena tanpa itu semua kemajuan bangsa ini akan sangat sulit tercapai. Faktor ekonomi menjadi fondasi kokohnya kekuatan negara dalam kesejahteraan rakyatnya dan kemandirian bangsanya sehingga tidak dengan mudah diintervensi oleh negara lain. Apa yang terjadi hari ini adalah gabungan korporasi besar, kekuatan politik pemerintah, kekuatan perbankan, kekuatan militer, kekuatan media massa, dan kecanggihan intelektual penghamba kekeuasaan merupakan kekuatan yang sangat dahsyat untuk menjalan imperialisme ekonomi terhadap negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah bahwa negara berkembang yang mudah dijadikan sebagai negara pelayan kapitalisme internasional adalah negara yang pemimpinnya masih mengalami penjajahan mental. Selama kolonisasi mental itu tetap bercokol kuat

dibenak pemimpin bangsa ini, selama itu pula sulit diharapkan bangsa Indonesia bisa betul-betul memelihara kemerdekaan dan kedaulatanya. Isu tentang kemandirian ekonomi bangsa Indonesia akan menjadi kekuatan negara ini untuk keluar dari penjajahan jenis baru di era modern sekarang ini. Sistem kapitalisme internasional turut menggerus kedaulatan negara dan kembali melakukan intervensi politik melalui sitem internasional yang ada dengan kata lain bahwa Indonesia bisa lepas dari cengkraman kapitalisme internasional tergantung pada satu hal pokok yaitu mewujudkan kemandirian ekonomi Bangsa tanpa banyak tergantung pada negara lain, terutama Amerika dan sekutunya ataupun beberapa korporasi besar yang selama ini mengusai Sumber Daya Alam (SDA) Indonesia. (bersambung)

KEMATANGAN BERPOLITIK DAN KECANGGIHAN PENGGALANGAN (5/selesai) Oleh : Toni Sudibyo *) Berkali-kali menjalin komunikasi dengan kubu Jokowi dan Prabowo, akan tetapi tidak membuahkan kesepakatan. Kemudian, beberapa kali terdengar isu di media jika Golkar akan mengusung ARB sebagai Capres dan berkoalisi dengan partai Demokrat dengan mengusung Pramono sebagai Cawapres. Akan tetapi, isu tersebut seperti angin hanya berhembus tanpa ada kepastian. Sepertinya ARB dan Golkar harus menerima

jika kenyataan tersebut. Akhirnya, Partai Golkar menyatakan mendukung untuk pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa pada pilpres mendatang, dengan kata lain Golkar telah menetapkan pilihan dengan berkaloalisi dengan Prabowo-Hatta. Keberadaan ARB di kubu PrabowoHatta tentunya memberikan posisi yang sama dengan kubu Jokowi-Hatta dalam hal kekuatan media. Ketika kedua pemilik dan konglomerat media diata sresmi berkoalisi, berita terkait koalisi Hanura dengan Jokowi-JK menjadi

sangat menarik. Partai Hati Nurani Rakyat resmi bergabung dengan poros koalisi PDI-Perjuangan yang mengusung Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon presiden dalam pemilihan presiden Juli 2014 mendatang. Keputusan ini disampaikan Ketua Umum Partai Hanura Wiranto seusai bertemu dengan Ketua Umum PDIPerjuangan Megawati Soekarnoputri di kediaman Megawati di Jalan Teuku Umar. Sementara Hari Tanoe, seperti kita ketahui merupakan Cawapres Hanura tidak sepakat dengan

keptusan Hanura tersebut. Kehadiran Bos MNC Grup Hary Tanoesoedibjo di dunia politik cukup mengejutkan masyarakat. Namun Hary sudah merasakan semua posisi, dari sekedar kader, hingga Cawapres Hanura, hingga terdengar kabar jika HT harus menutup karier politik sebelum Pilpres dihelat. Hary Tanoesoedibjo masuk ke dunia politik sejak awal bulan Oktober 2011. Partai NasDem dipilih Hary sebagai tempatnya berjuang pertama kali. Hary pertama kali muncul di Rapimnas Partai NasDem pada 9 Oktober 2011.

Diam-diam Hary Tanoe ternyata mempunyai pilihan politik yang berseberangan dengan sikap Hanura terkait Pilpres 2014. Saat Ketum Wiranto mengarahkan koalisi ke Jokowi-JK, HT malah menghadiri pertemuan kubu PrabowoHatta. Ketua Umum Wiranto pun langsung mengambil sikap tegas, dengan meminta HT untuk mengundurkan diri. Pilihan politik HT sepertinya mengarah pada Prabowo-Hatta, dengan demikian pundi-pundi kekuatan media di kubu Prabowo semakin bertambah.

PEREKONOMIAN di negara kita saat ini sudah terlihat dengan jelas tidak mampu bersaing dengan negara-negara sekitar. Pilihan yang diambil penguasa ialah investasi asing. Dan inilah yang menyebabkan pengusiran terhadap rakyat dari wilayah mereka. Kesenjangan antara segelintir yang kaya dengan mayoritas yang miskin. Kaum buruh dijajakan dan dieksploitasi secara murah untuk mengundang investasi dan akumulasi modal. Pertumbuhan ekonomi bangsa hanya dinikmati oleh minoritas kelompok tertentu. Aset-aset ekonomi yang vital dan penting bagi kehidupan rakyat, diswastakan dengan konsesi yang dijual-belikan di antara kerabat dan rekan sejawat. Bentuk-bentuk monopoli dan oligopoli yang menyengsarakan rakyat dilindungi, difasilitasi oleh kekuasaan yang ada. Beban ekonomi semakin berat ketika pemerintahan dipenuhi para koruptor yang berkolusi dengan orang-orang pemerintahan untuk kepentingan pribadi dan kelompok bisnisnya. Padahal, semua rakyat mengharap bahwa suatu ketika pemerintahan yang berwatak demokratik dan kerakyatan haruslah hadir dengan arah jelas tentang masa depan rakyat, serta punya jalan keluar bagi berbagai persoalan yang kini sementara berlangsung di tanah air kita ini. Memperhatikan kondisi obyektif sosial yang terjadi di negara kita saat ini. Ada pendapat yang menyatakan, bahwa, sebenarnya pluralisme merupakan pilihan yang paling mungkin mencuat sebagai pilihan dalam sistem negara. Sayang, hal ini masih saja terus dipinggirkan. Konsep pluralisme jelas dalam kalimat bhinneka tunggal ika namun praksisnya justru sebaliknya. Padahal, pluralisme dalam pengertian yang seutuhnya, mestinya terwujud dalam pemerintahan dan dalam kehidupan bernegara, sehingga kompetisi merupakan alat ampuh untuk memajukan negara kita. Konstruksi negara berdasarkan keberagaman sehingga kelebihan dan kekurangan masing-masing berkompetisi menemukan sesuatu yang baru tanpa meniadakan yang lain. Berkaitan dengan semangat perubahan yang merupakan kerinduan rakyat berwujud pada sejumlah model yang dikembangkan di tingkat lokal seperti model pengelolaan sumberdaya alam berbasis komunitas. Hal ini menunjukkan bahwa kepercayaan diri rakyat mulai tumbuh serta secara bertahap melepaskan diri dari ketergantungan kepada pemerintahan yang selama ini (boleh dikata) menganggap diri bukan berasal dari rakyat (dan hanya mau bersekutu dengan rakyat bila mereka ada “maunya” saja dalam kondisi mencari dukungan suara untuk memuluskannya menuju kursi kekuasaan). Namun, suasana ini, dalam prosesnya akan memperkokoh posisi rakyat dalam konteks tawarmenawar dengan pihak lain, bahwa rakyat akan melakukannya sendiri dengan sebuah kesadaran bahwa dirinya harus berusaha keluar dari krisis, bahwa rakyat harus mandiri dan tanggap dengan perubahan zaman. Suasana ini kiranya yang harus terus kita tumbuhkan supaya masyarakat kita dapat berdiri di kaki sendiri dan tidak tergantung pada sumber-sumber yang tidak jelas arah dan tujuannya. Tonaas Tinamburi Minahasa – Sulut

KOMISARIS UTAMA: Ina Eryana. KOMISARIS: Christianus H. DIREKTUR UTAMA: Meilany Mongilala. DIREKTUR: Hendra Zoenardjy. PEMIMPIN REDAKSI: Hendra Zoenardjy. WAKIL PEMIMPIN REDAKSI: Donny Wungow. REDAKTUR PELAKSANA: Glenly Bagawie. KOORDINATOR LIPUTAN: Stenly Lumempouw. KOORDINATOR BIDANG: Tonny Mait, MUSYAWARAH REDAKSI: Hendra Zoenardjy, Ronald Rompas, Donny Wungow, Glenly Bagawie, Stenly Lumempouw, Tonny Mait. REDAKTUR: Hanny Rais REPORTER: Deddy Wakkary, Hanny Rais, Robby Liando, Ronald Sumakul, Lukman R Hadji. KEPALA BIRO: Tonny Mait (MANADO), Glenly Bagawie (TOMOHON), Ronald Rompas (MINAHASA), Rusdianto Rantesalu (MINUT), Servi Maradia (MINSEL), Stenly Lumempow (MITRA), Wolter Pangalila (BITUNG), Sam Daleda (SANGIHE-TALAUD), Stenly Gaghunting (SITARO), Yunita Datalamon (KOTAMOBAGU-BOLMONG), Faruk Langaru (BOLTIM), Chandra Paputungan (BOLSEL), Kurniawan Golonda (BOLMUT). KONTRIBUTOR: Syaiful W Harahap (KHUSUS KESEHATAN). KOORDINATOR ARTISTIK: Fadjrin Haryanto. STAF ARTISTIK: Richard Tamara. SEKRETARIS REDAKSI: Angelia Natasia Herline. MANAGER IKLAN: Herry Bagau, KOORDINATOR IKLAN: Stembri F Legi. STAF IKLAN: Denny Moningka, Hervy Sumarandak, Malik Thaib. ADMINISTRASI IKLAN: Nancy Bertha. MANAGER PEMASARAN: Noldy Poluan. STAF PEMASARAN: Meisisco Gaghana. DISTRIBUSI: Denny Poluan (Minahasa, Tondano, Tomohon, Mitra), Sterfi Lumangkun (Bitung), Alfrits Samolah (Minsel), Marchel Wowor, Steven Manengkey (Manado). PACKING: Samiun Hulantu. KOLEKTOR PEMASARAN: Reinold Welong, ADMINISTRASI: Lisa Wuisan. STAF UMUM: Deydi Mokoginta, D Iman, Cipta. SEKRETARIS/BENDAHARA PERUSAHAAN: Nancy Bertha. PENERBIT : PT. Sulut Lestaripress, PERCETAKAN: PT. Manado Media Grafika (Isi di luar tanggung jawab percetakan) HARGA Langganan: Rp. 50.000,-/bulan (luar kota tambah ongkos kirim) NO REK: 001 01.52.000663-1 Bank Sulut a/n PT. Sulut Lestaripress TARIF Iklan: Rp. 9000/mm kolom (BW), Rp.15000/mm Kolom (FC), ALAMAT: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado, Telp (0431) 841060, Fax: (0431) 841071 PERCETAKAN: Jl. AA Maramis, Kairagi, Manado. Telp (0431) 812777


ASYIK Menangis sepanjang malam SEEKOR serigala yang lapar sedang mencari makanan ke rumah seorang keluarga petani, mendengar di dalam rumah ada seorang wanita sedang memarahi anaknya: “Jika kamu menangis lagi dan terus menangis tiada habis-habisnya, awas aku kehilangan kesabaran, bisa saja nanti kamu kulempar keluar untuk kujadikan umpan serigala!” Anak itu menangis sepanjang malam dan serigala di luar rumah terbengong-bengong menunggu sampai fajar menyingsing, akhirnya dengan air mata berlinang-linang serigala itu menggerutu: “Penipu! Semua wanita adalah penipu!”(*)

Pacar terlalu romantis

Punya pacar romantis dan sangat menyayangi diri kita memang menyenangkan. Kita diperlakukan seperti seorang putri dan nggak perlu khawatir dikhianati. Tapi terkadang sikap romantis mereka berlebihan. Malah bikin kita kurang nyaman dan cepat bosan. Menurut kamu, gimana cara menghadapi pacar yang terlalu romantis dan berlebihan?

Raja lawan pedagang VINNI

SEORANG anak memanggil pedangan es cendol. Pembeli : “Bang beli es cendolnya. Gelas besar berapa?” Pedagang : “Cuma seribu rupiah dik!” Kemudian diberikannya satu gelas tapi tidak berisi penuh. pembeli : “Kok ngak penuh bang?” Pedagang : “Rewel amat sih..tinggal diminum!” pembeli : “Bang, pembeli itukan raja..!” Pedagang : “Raja..?? Raja kok beli cendol?!” Pembeli : “????!!!!!”(*)

RISIH juga sih kalau punya pacar yang terlalu romantis. Dia maunya bermesraan di depan umum, bikin kita merasa malu sama orang lain. Jadi siasati dengan bawa sesuatu. Misalnya beli dan bawa minuman saat nge-date sama pacar. Hehehe...

Kasihilah sesama manusia SUATU hari si nenek yang kaget mangganya dicuri sama beberapa anak kecil yang nakal. Dan si nenek langsung pasang papan yang tulisannya, “Dilarang mencuri mangga disini.” Keesokan harinya bberapa orang anak kecil itu mencabut papan tersebut dan mengganti tulisan yang ada di papan tersebut dengan tulisa dalam kitab suci mengatakan, “Kasihanilah sesama manusia”. Dan si nenek merasa tulisan yang ada di papan tersebut ada betulnya dan langsung aja si nenek mengganti tulisan tersebut dengan, “Bisa diambil tapi dikit-dikit ya”.(*)

Nyontek SUATU hari orangtua amin dipanggil kepala sekolah Kepsek : “Anak bapak telah menyontek amir.” Ortu : “Anak saya tidak pernah menyontek kalau menyontek buktinya apa?” Kepsek : “Ini soal no 1 siapa pahlawan dari aceh? Amir menjawab cut nyak dien, Amin juga menjawab sama.” Ortu : “Itu kan suatu kebetulan.” Kepsek : “Tapi soal no 2 siapa yg membunuh ken arok? Amir menjawab gue nggak tau dan Amin juga menjawab apalagi gue, nggak tau.” Ortu : “???????”(*)

Sama-sama miring SEORANG anak muda yang kesehariannya nongkrong di lampu merah. Suatu hari ia nongkrong memakai sendal jepit yang sudah tua sekali, kemudian ia melihat seorang pejabat dengan mobilnya yang sangat bagus berhenti karena berpaspasan lampu merah dan si anak muda mendekati mobil tersebut sambil mengetuk kaca mobil yang dikendarai oleh sang pejabat. Si bapak menurunkan kaca mobilnya dan bertanya “ada apa dik”, dan si anak muda tersebut mengatakan, “Pak, gimana kalo mobil bapak yang bagus ini ditukar dengan sendal jepitku” si bapak mengatakan sambil melihat sendal yang dipakai oleh anak muda itu, “Kamu udah gila ya, masak mobil mau ditukar sama sendal jepit?” Dan si anak muda mengatakan, “Nggak kok pak, aku cuman test bapak, ya siapa tahu kalo otak bapak yang miring”.(*)

Ada apa sih PADA suatu hari ada kejadian tabrakan antara bus dan kereta sehingga jalanan menjadi macet dibuatnya. Karena sopir-sopir tidak mengetahui ada kejadian itu, sehingga membuat para sopir menjadi penasaran untuk menanyakan ada hal apakah gerangan yang membuat jalanan menjadi macet total. Sopir : “Pak, ada apa sih?” (bertanya kepada tukang roti yang sedang lewat) Tukang roti : “Ada roti rasa nanas, ada roti rasa susu dan masih banyak lagi.” Sopir : “.......?”(*)

6

REKA MAU MEREKA

ELDI AWALNYA sih berbungabunga setiap denger dia ngegombal, tapi lama-lama risih juga apalagi kalau dia ngomongnya di depan umum. Jadi langsung alihkan pembicaraan aja atau nggak kasih tanggapan kalau dia mulai ngegombal.(*)

JUST FOR U

Minum air es nggak bikin gemuk APAKAH selama ini kamu merasa khawatir minum air es karena takut gemuk? Nggak perlu lagi percaya sama mitos ini karena ilmuwan telah membuktikan bahwa minum air es nggak akan bikin gemuk. Dalam penelitian, seperti dilansir Yahoo Shine, air es menawarkan cara bebas kalori untuk makanan ringan. Cara kerjanya adalah membantu membakar kalori tubuh itu sendiri. Seorang ahli pencernaan, Dr

Brian Weiner bahkan mengarahkan pasiennya menjauhi diet. Penemuan atas konsumsi air es ini bahkan telah disusun dalam sebuah e-book gratis berjudul The Ice Diet. “Sambil makan es, Anda bisa mencapai dua tujuan sekaligus,” ungkap Weiner. Es disebut sebagai makanan berkalori negatif, yang akan membantu pembakaran kalori positif. Dalam perhitungan Weiner, porsi aman

mengonsumsi air es adalah seliter setiap hari. Dan dengan satu liter air es, 160 kalori telah terbantu terbakar. Dokter Weiner juga menambahkan informasi penting soal manfaat air es ini. Yang pertama, nggak disarankan minum air es lebih dari satu liter per hari, terutama saat cuaca dingin. Kedua, nggak disarankan menjadikan trik ini sebagai program diet karena kita tetap

membutuhkan nutrisi dan vitamin dari makanan yang dikonsumsi. Air es memang membantu memaksimalkan pembakaran kalori, namun seperti kata dokter Weiner, lebih baik nggak memanfaatkan trik ini sebagai program utama diet kita. Berikan asupan nutrisi yang cukup dan berolahraga secara rutin untuk mencapai berat badan ideal.(vmal)

ASAL LOE TAU AJA

Planet godzilla di alam semesta? ADA kelas baru planet di alam semesta yang disebut “MegaBumi”. Planet yang masuk dalam kelas itu merupakan planet batuan seperti Bumi, tetapi memiliki ukuran yang jauh lebih besar, lebih besar dari kelas planet “Bumi Super”. Kelas planet ini dibuat untuk menampung adanya planet batuan baru yang massanya mencapai 17

kali Bumi. Planet baru yang ditemukan itu bernama Kepler 10c. Dunia superbesar tersebut mengorbit sebuah bintang yang jaraknya 560 tahun cahaya dari Bumi. Penemuannya dipresentasikan pada pertemuan American Astronomical Society di Boston. Astronom mengatakan, planet ini membuat mereka menggaruk kepala. Selama ini, para astronom beranggapan bahwa planet besar cenderung menarik banyak hidrogen sehingga akan lebih mirip Jupiter dan Neptunus. “Cara yang tepat untuk menyebutnya adalah sesuatu yang lebih besar dari ‘Bumi Super’, jadi bagaimana dengan ‘Bumi Mega’?” kata Dimitar Sasselov dari Harvard Smithsonian Center for

Astrophysics seperti dikutip BBC, Selasa (3/6). Selain menyebut Bumi Mega, Sasselov juga menyebut planet itu sebagai “Godzilla Bumi”. Astronom menemukan Kepler 10-c dengan menggunakan teleskop Kepler. Mereka menggunakan metode transit, yakni melihat keberadaan planet dengan mengamati peredupan cahaya bintang. Pada awalnya, dengan metode tersebut, astronom mengetahui bahwa diameter Kepler 10-c adalah 29.000 kilometer. Langkah selanjutnya, astronom menggunakan instrumen Harps North di Telescope Nazionale Galileo di Canary Islands. Di sana, astronom mengukur gaya tarik antar-Kepler 10-c dengan bintang induknya hingga akhirnya mengetahui massanya. “Massanya 17, atau tepatnya, lebih dari 17 kali massa

Bumi, dan dengan demikian massa jenisnya 7,5 gram per sentimeter kubik, membuatnya menyerupai massa jenis batuan di Bumi (5,5 gram per sentimeter kubik),” kata Sasselov. Dengan massa jenis yang lebih tinggi, Sasselov mengatakan bahwa planet ini tak berarti memiliki komposisi yang berbeda dengan Bumi. Hanya, planet ini lebih mampat. Persentase air paling besar adalah 5-15 persen. Yang menarik, usia bintang induk planet tersebut 11 miliar tahun, hanya selisih 2 miliar tahun dari alam semesta sendiri. “Kepler 10-c mengatakan kepada kita bahwa planet batuan bisa terbentuk jauh lebih awal dari yang kita duga. Dan kalau Anda bisa membuat dunia batuan, Anda bisa memiliki kehidupan,” ucap Sasselov.(komc)

○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○ ○

KETAWA ASYIK

RABU 4 JUNI 2014

ANAK SEKOKAH YANG INGIN KREATIF

TIPS ASYIK

Cara yakinkan ortu soal jurusan SAAT memilih jurusan di SMA atau kuliah, pilihan kita dan mama-papa nggak selalu sejalan. Kadangkadang, jurusan pilihan kita berlawanan sama keinginan mama-papa. Haruskah kita mengalah begitu saja? Ini dia tiga cara yang bisa kita coba saat jurusan pilihan kita berbeda dengan mamapapa. JELASKAN SEJELASJELASNYA Salah satu alasan mamapapa nggak setuju dengan jurusan pilihan kita mungkin karena kita nggak cukup menjelaskan. Kasih argumen yang kuat tentang alasan kita memilih jurusan ini. Jelaskan juga kita memilih jurusan tersebut nggak sekadar ikut-ikutan teman atau pacar, tapi karena kita benar-benar menginginkan ini. BUKTIKAN KITA BISA Terkadang kata-kata saja nggak cukup. Makanya, kita harus memberi bukti-bukti kuat bahwa jurusan yang kita pilih memang pas banget sama kita. Misalnya, tunjukkan kalau bakatmu memang di bidang seni dan bukan bidang eksakta. Ikut berbagai kompetisi atau bikin beberapa karya biar mama-papa makin yakin. CARI JALAN TENGAH Kalau dua cara di atas nggak berhasil juga, cobalah bernegosiasi dan mencari jalan tengah. Misalnya, bilang sama mama-papa bahwa kita akan mengikuti keinginan mereka dalam memilih jurusan SMA, tapi jurusan kuliah adalah kebebasan kita. Selain itu, kita juga bisa bikin perjanjian sama mama-papa bahwa kita bakal berhasil di jurusan pilihan kita.(berbagai sumber)


OLAHRAGA Tango ... Dari Halaman 8 Tiga nama terbaru yang dicoret Sabella dari skuad adalah Nicolas Otamendi, Ever Banega, dan Jose Sosa. Pencoretan Banega dari skuad utama menjadi perhatian khusus publik Tango. Dilansir Daily Mail, Sabella lebih memilih Fernando Gago yang masih dalam masa pemulihan cedera untuk memperkuat Argentina di Piala Dunia nanti. Pelatih 59 tahun itu tampaknya tidak puas dengan performa Banega yang terus menurun sejak dipinjamkan Valencia ke Newell Old Boys. Sabella kembali memanggil Martin Demichelis ke Timnas Argentina. Meningkatnya performa Demichelis di musim 2013/14 menjadi pertimbangan utama Sabella untuk memasukkannya ke dalam tim utama.

RABU 4 JUNI 2014

7

Villa resmi gabung New York City FC

Berikut 23 pemain Argentina untuk Piala Dunia 2014 Kiper: Sergio Romero (Sampdoria), Mariano Andujar (Catania), Agustin Orion (Boca Juniors). Bek: Pablo Zabaleta (Manchester City), Federico Fernandez (Napoli), Ezequiel Garay (Benfica), Marcos Rojo (Sporting Lisbon), Hugo Campagnaro (Inter Milan), Martin Demichelis (Manchester City), Jose Basanta (Monterrey). Gelandang: Javier Mascherano (Barcelona), Fernando Gago (Boca Juniors), Lucas Biglia (Lazio), Ricardo Alvarez (Inter Milan), Augusto Fernandez (Celta Vigo), Angel Di Maria (Real Madrid), Maxi Rodriguez (Newell’s Old Boys), Enzo Perez (Benfica). Penyerang: Lionel Messi (Barcelona), Gonzalo Higuain (Napoli), Sergio Aguero (Manchester City), Rodrigo Palacio (Inter Milan), Ezequiel Lavezzi (Paris St Germain).

Kuat ... Dari Halaman 8 PERSIAPAN SEMPURNA Manajer Inggris Roy Hodgson menyebut hasil positif saat menghadapi Peru sebagai modal bagus jelang Piala Dunia. Bermain di hadapan puluhan ribu pendukungnya yang memenuhi Wembley dalam laga yang berlangsung tadi malam, Daniel Sturridge membuka skor di menit ke-32 untuk menutup babak pertama dengan keunggulan 1-0. Setelah turun minum, Inggris menambah keunggulannya lewat gol dari dua pemain belakang Gary Cahill dan Phil Jagielka sekaligus memastikan kemenangan. “Ini adalah akhir yang sempurna untuk dua minggu yang sempurna. Ini adalah sebuah persiapan yang luar biasa sebelum ke Piala Dunia dengan dukungan yang luar biasa,” ujar Hodgson di Sky Sports. “Kami tidak terlihat terlalu nyaman di babak pertama. Namun setelah Daniel mencetak gol luar biasa, pertandingan menjadi lebih baik.” “Ketika Anda bermain dengan 10 pemain yang cenderung bertahan harus sabar tetapi saya yakin kami bakal memenangi pertandingannya,” imbuh Hodgson. Inggris masih akan menjalani dua pertandingan ujicoba lain sebelum tampil di Piala Dunia, yaitu menghadapi Ekuador dan Honduras. Striker Liverpool, Daniel Sturridge, mengklaim bahwa bermain bersama Wayne Rooney untuk Inggris membuat pekerjaannya menjadi lebih mudah. Penyerang The Reds, yang sudah mencetak 21 gol musim lalu, akan diharapkan untuk memimpin skuat Three Lions di Piala Dunia 2014, dan ia punya banyak pujian untuk sang striker Manchester United. “Saya pikir saya dan Wazza adalah pemain yang berbeda, dan amat mudah untuk bermain dengan orang seperti dirinya. Hal tersebut membuat tugas saya menjadi lebih mudah,” tutur Sturridge menurut laporan LFC TV. “Saya lebih bisa mengekspresikan diri saya sendiri karena para pemain bertahan lawan lebih banyak mengkhawatirkan tentang dirinya. Semua orang kini bersatu, kepentingan negara adalah yang paling penting. Saya merasa hebat dan semakin baik,” tutupnya. Manajer Inggris, Roy Hodgson, merasa tak khawatir dengan performa Wayne Rooney jelang Piala Dunia. “Saya tak punya kekhawatiran akan hal itu dan Anda bisa melihat, sikap dan komitmen Wayne luar biasa, bahkan saat berada di lapangan. Ia masih punya waktu dua pekan untuk menjaga tren positif itu.” Rooney sempat absen sebulan karena masalah kunci paha sebelum berhadapan dengan Peru.(inlc/golc)

DAVID Villa resmi merampungkan proses kepindahannya dari Atletico Madrid ke klub baru Major League Soccer (MLS), New York City FC. Villa merupakan pemain bintang pertama yang bergabung dengan klub yang juga dimiliki oleh pemilik Manchester City dan New York Yankees tersebut. Pemain 32 tahun itu dikabarkan mendapat kontrak berdurasi tiga tahun terhitung sejak musim kompetisi 2015 mendatang atau saat New York City berlaga untuk pertama kalinya di MLS. Bergabungnya penggawa timnas Spanyol itu disambut suka cita oleh pembesar klub asal kota New York tersebut. “Ini adalah saat bersejarah dan menarik bagi keluarga besar City dan proses pem-

bangunan tim New York City Football Club,” demikian CEO City, Ferran Soriano, dalam situs resmi klub. “Saya mengenal David Villa dengan baik, ia adalah salah satu pesepak bola terbaik dunia, pemenang sejati dan berada dalam puncak karirnya. Saya yakin penduduk New York akan sangat senang melihatnya bermain bagi City,” ia menambahkan. Dalam kesempatan yang sama, Villa yang akan kembali mengenakan jersey bernomor punggung 7 berharap di klub barunya ia masih bisa terus menuai sukses. “Sepanjang karir, saya selalu mencoba mendorong diri saya untuk mencapai sukses baru dan ini mewakili tujuan penting lainnya bagi saya,” pungkas mantan pemain Barcelona itu.(inlc)

Murray dan Nadal Melaju ke Perempatfinal PETENIS asal Inggris, Andy Murray, sukses melaju ke babak perempatfinal turnamen Prancis terbuka setelah menaklukan Fernando Verdasco lewat pertarungan tiga set, 6-4, 7-5 dan 7-6(3). Dalam pertandingan yang dimainkan di lapangan tanah liat Philippe Cartier, Senin (2/6) waktu setempat, kedua petenis tampil dengan determinasi tinggi. Aksi saling kejar poin membuat pertandingan berjalan menarik. Sempat kehilangan set pembuka, Murray akhirnya mampu bangkit di dua set berikutnya meskipun diakuinya bukan perkara mudah mengalahkan petenis asal Spanyol itu. “Saya pikir demikian. Atmosfir hari ini tidak bisa dipercaya, saya sangat menikmati pertandingan. Kami saling memperebutkan poin

penting dan ia (Verdasco) bermain sangat keras di set ketiga,” demikian juara Wimbledon 2013 itu kepada Reuters. Di babak perempatafinal, Murray akan berhadapan dengan Gael Monflis, yang dipertandingan sebelumnya menundukan Guillermo Garcia-Lopez dalam tiga set 6-0, 6-2, 4-5. Di pertandingan lainnya, juara bertahan Rafael Nadal juga sukses melangkah ke babak delapan besar setelah menyudahi perlawanan Dusan Lajovic dalam pertarungan tiga set 6-1, 6-2, 61. Nadal sudah ditunggu unggulan kelima David Ferrer usai menundukan Kevin Anderson berkat kemenangan 6-3, 6-3, 67(5), dan 6-1.(inlc)

FINIS di posisi kedua di belakang Marc Marquez, pebalap Tim Yamaha, Jorge Lorenzo, justru merasa puas dengan penampilannya di seri balap MotoGP Italia.Memulai lomba dari posisi kedua, Lorenzo langsung melesat mendahului Marc Marquez yang start dari posisi pole. Di pertengahan lomba, Lorenzo mendapat tekanan ketat dari Marquez. Kedua pebalap terlibat aksi saling susul.Sayang, di lap terakhir Lorenzo kehilangan konsentrasi. Ia kehilangan posisi terdepan setelah menyalipnya di tikungan. Walhasil, ia harus puas menyelesaikan balapan di nomor dua. “Saya senang dengan posisi kedua, karena saya merasa lebih baik secara fisik dan saya senang dengan motor saya,” jelas pebalap 27 tahun itu kepada Reuters.”Ini adalah sebuah balapan emosional dan sangat sulit. Marc Marquez sangatlah bagus dan punya motor yang hebat. Motor kami jadi lebih baik dan memudahkan saya bertarung dengannya hari ini,” pungkas pebalap kebangsaan Italia itu. Naik podium kedua belum membuat posisi Jorge Lorenzo naik ketiga besar tabel klasemen pebalap sementara. Ia masih tertahan di posisi keempat dengan mengemas nilai 65 atau berselisih 84 poin dari Marc Marquez di posisi teratas.(inlc)

Minus ... Dari Halaman 8 Nama seperti Mario Yepes, Christian Zapata, Fredy Guarin serta James Rodriguez ikut terbang ke Brasil. Kolombia tergabung di Grup C dengan Yunani, Pantai Gading dan Jepang. Tim asuhan Pekerman akan memainkan pertandingan pertama mereka melawan Yunani pada tanggal 14 Juni di Belo Horizonte, sebelum bertemu Pantai Gading pada 19 Juni dan Jepang pada tanggal 24 Juni.

BERDUKA Striker Kolombia Radamel Falcao gagal pulih tepat waktu dari cedera lutut serius yang menimpanya untuk masuk ke skuat final pimpinan Jose Pekerman untuk Piala Dunia 2014. Striker Monaco itu mengalami cedera ligamen kala ia bermain melawan Monts d’Or Azergues di Coupe de France pada bulan Januari lalu. Meski kini ia sudah bisa berlatih

bersama tim utama, tidak akan ada resiko yang diambil untuk menurunkan sang bintang di Brasil. “Saya tidak ingin mengatakan selamat sore, karena ini merupakan hari yang menyedihkan. Saya harus mengumumkan bahwa Amaranto Perea, Luis Fernando Muriel, dan Falcao tidak akan bermain di Piala Dunia,” tutur Pekerman pada reporter seperti dilansir Goal International. “Perea dan

Falcao karena mereka mengalami cedera dan Murial sebagai bagian dari keputusan teknis. Dokter sudah sangat jelas: sekarang bukan waktunya Falcao untuk kembali ke kompetisi,” pungkasnya. Falcao menambah panjang daftar pemain bintang yang absen karena cedera di Piala Dunia. Sebelumnya, Italia mengalami pukulan berat akibat cedera yang dialami oleh Riccardo Montolivo. (inlc)

Tetap ... Dari Halaman 8 Di partai pembuka, Prancis akan berhadapan dengan Honduras tanggal 15 Juni mendatang. BUTUH RIBERY Prancis kini tengah berharap cemas dengan kondisi terakhir sang bintang Franck Ribery, yang tengah dibekap cidera. Winger lincah Bayern Munich ini terancam tak dapat memperkuat Les Bleus, meski tetap diboyong Didier Deschamps ke Brasil. Ya, kehadiran Ribery dalam skuad Les Bleus dianggap vital bagi beberapa pilar timnas Prancis, termasuk di mata gelandang Blaise Matuidi. Menurut Matuidi, kehadiran Ribery dapat mendongkrak mental bertanding pasukan Deschamps. Tanpa Ribery, Prancis seperti kehilangan ruh permainan. Hal itu, terlihat jelas saat Prancis ditahan

imbang 1-1 oleh Paraguay, pekan lalu. Padahal, di laga sebelumnya, Prancis sukses tampil apik, termasuk saat menekuk Belanda 2-0 dan Norwegia 4-0. “Saya bukan seorang dokter, tetapi saya tahu secara mental Ribery baikbaik saja,” kata Matuidi dilansir Soccerway. “Ia tak ikut latihan, tetapi staf melakukan segalanya untuk membuat ia siap di laga persahabatan terakhir atau laga perdana Piala Dunia,” lanjut Matuidi. Prancis akan melakoni laga persahabatan terakhir melawan Jamaika pada 8 Juni mendatang, sebelum bertarung di Grup E Piala Dunia 2014. Prancis akan melakoni laga pertama di fase grup melawan Honduras, 15 Juni 2014. “Kami harap dia akan fit, karena Ribery seorang pemain hebat dan kami sangat butuh dia. Secara mental, dia bersama kami dan saya harap ia akan berada di sana,” tegas Matuidi.(inlc)


RABU 4 JUNI 2014

LAGA PERSAHABATAN

EKUADOR

INGGRIS MENGHADAPI Ekuador, manajer Roy Hodgson kiranya akan menurunkan formasi serupa seperti laga terdahulu, di mana ia mengandalkan Steven Gerrard dan Jordan Henderson untuk menggalang kekuatan di lini tengah.

SETELAH sukses merontokkan perlawanan Peru di pertandingan uji coba sebelumnya, kini tim nasional Inggris kembali akan menguji kekuatan mereka dengan menghadapi tim asal Amerika Selatan lainnya yang juga merupakan partisipan Piala

Dunia 2014, Ekuador, Kamis (5/6) dini hari WIB. Bertempat di Sun Life Stadium, The Three Lions yang sudah menginjakkan kakinya di Amerika Serikat sejak Senin (2/6) kemarin tentu serius dalam menghadapi partai ini, mengingat di ajang Piala Dunia

SPORTAINMENT COOLEN ROONEY

Nekat ke Brasil DALAM hitungan hari Piala Dunia 2014 akan digelar. Tim nasional beberapa negara besar di dunia akan saling sikut demi meraih gelar juara. Dukungan tentu sangat diharapkan tiap negara untuk membantu mereka tampil lebih baik. Hal itulah yang akan dilakukan oleh isteri Wayne Rooney, Coolen Rooney. Pasangan bomber Timnas Inggris itu sudah tak sabar untuk berkunjung ke Brasil dan memberikan semangat untuk suaminya. “Saya selalu ingin ke Brasil jadi ini akan sangat menarik untuk pergi ke sana untuk Piala Dunia. Saya tak merasakan tekanan apapun. Saya percaya dengan gaya saya dan antusias untuk memberikan dukungan,” terang Coolen seperti dilansir Daily Star. Keinginan Coolen ini sebenarnya bertentangan dengan kebijakan Pelatih Timnas Inggris, Roy Hodgson. Sebelumnya, Hodgson melarang para pemain membawa isteri atau kekasih (WAGs) mereka. Hodgson beralasan, kehadiran WAGs bisa mengganggu konsentrasi The Three Lions. Namun, Hodgson tak bisa melarang para WAGs untuk datang ke Brasil dengan biaya mereka sendiri. Sebelumnya, gelandang Timnas Inggris, Steven Gerrard, sudah memastikan bahwa istrinya tak akan ikut terbang ke Brasil. Alex Curran, kata Gerrard, akan duduk manis di depan televisi menyaksikan aksinya dari Liverpool.(vinc)

nanti mereka bakal dipertemukan dengan dua tim bergaya Amerika Latin, yakni Uruguay dan Kosta Rika di Grup D. Untuk pertandingan nanti, manajer Roy Hodgson kiranya akan menurunkan formasi serupa seperti laga terdahulu, di mana ia mengandalkan Steven Gerrard dan Jordan Henderson

untuk menggalang kekuatan di lini tengah. Dipertemukan Ekuador yang menghuni urutan ke28 dunia, kedua pilar Liverpool itu akan mengemban tugas untuk menghubungkan semua lini selagi Hodgson yang menempatkan trio penyokong untuk mendukung pergerakan Daniel Sturrid-

TIMNAS ARGENTINA

ge di lini depan. Skuat Inggris untuk saat ini tengah dalam kondisi prima, terlepas kondisi winger Alex Oxlade-Chamberlain dan bek Phil Jones yang masih diragukan mengingat keduanya tengah dalam pemulihan cederanya masing-masing. Meski begitu, Hodgson sudah memastikan bahwa

keduanya siap untuk menjalani laga pemanasan tersebut dan menurunkan mereka sejak menit awal bersamaan dengan para pemain lain. “Mereka berdua akan bermain sejak awal,” ujar Hodgson beberapa waktu lalu. “Mereka bisa saja bermain kontra Peru, tapi kami pikir, waktu latihan

TIMNAS PRANCIS SKUAD LENGKAP PRANCIS DI PIALA DUNIA 2014 KIPER: Mickael Landreau, Hugo Lloris, Stephane Ruffier; BELAKANG: Mathieu Debuchy, Lucas Digne, Patrice Evra, Laurent Koscielny, Eliaquim Mangala, Bacary Sagna, Mamadou Sakho, Raphael Varane; TENGAH: Yohan Cabaye, Clement Grenier, Blaise Matuidi, Rio Antonio Mavuba, Paul Pogba, Moussa Sissoko, Mathieu Valbuena; DEPAN: Karim Benzema, Olivier Giroud, Antoine Griezmann, Loic Remy, Franck Ribery

PELATIH Argentina, Alejandro Sabella, baru saja merilis 23 pemain yang akan tampil di Piala Dunia 2014, Brasil. Tidak ada kejutan yang dibuat Sabella di pengumuman skuad utama ini. Carlos Tevez tetap tidak dibawa

Sabella ke Brasil. Padahal, Tevez mampu menjadi pemain kunci saat Juventus menjuarai Serie A di musim 2013/14. Dia mencetak 19 gol dari 34 kali penampilan bersama Juve.

NOMOR TELEPON/FAX (0431) 841071, FAX: (0431) 841060)

Baca: Tango (Halaman 7)

kemarin, ia sempat melewatkan winger Antonio Valencia yang ia tempatkan di bangku cadangan, namun kiranya penggawa Manchester United itu akan diturunkan sejak awal guna memberikan perbedaan dalam penyerangan. Baca: Kuat (Halaman 7)

TIMNAS KOLOMBIA

Tango Tanpa Tevez Tetap bawa Ribery

PELATIH timnas Prancis akhirya tetap menyertakan nama Franck Ribery dalam 23 nama skuad yang dibawanya ke Piala Dunia 2014. Winger Bayern Munchen sempat diragukan bisa terpilih dalam daftar skuad Les Bleus yang akan berlaga di Brasil bulan JuniJuli. Alasannya adalah pemain 31 tahun itu diketahui menderita cedera punggung. Ribery absen saat Prancis ditahan imbang 1-1 oleh Paraguay di laga uji coba internasional, Senin dini hari (2/6) kemarin. Meskipun menyertakan Ribery yang tidak dalam kondisi 100 persen, Deschamps tidak menutup kemungkinan akan

tambahan akan lebih membantu mereka daripada duduk di bangku cadangan.” Di kubu Ekuador, setelah mereka menelan kekalahan 3-1 dari Meksiko di awal Juni kemarin, pelatih Reinaldo Rueda tentu ingin menerapkan strategi bermain yang berbeda. Saat kalah

mengganti Ribery jika kondisinya tidak juga pulih jelang bergulirnya pertandingan pembuka menghadapi Honduras tangal 15 Juni mendatang. Selain nama-nama langganan timnas seperti Oliver Giroud, Loic Remy serta Yohan Cabaye, Didier Deschamps juga memberikan kesempatan kepada pemain muda seperti Raphael Varane, Lucas Digne, Antoine Griezmann and Clement G r e n i e r. Juara dunia 1998 itu tergabung di Grup E bersama Swiss, Ekuador serta Honduras. Baca: Tetap (Halaman 7)

Minus Falcao KOLOMBIA kehilangan striker terbaiknya saat berlaga di Piala Dunia 2014 Brasil nanti. Radamel Falcao dipastikan absen pada perhelatan akbar sepak bola antarnegara tersebut. Pelatih timnas Kolombia, Jose Pekerman, tidak mencantumkan nama penyerang AS Monaco itu dalam daftar 23 pemain Kolombia untuk Piala Dunia 2014. Sebelumnya, nama Falcao sempat masuk ke dalam daftar 30 pemain skuat bayangan tim nasional Kolombia. Meski sudah mencetak sembilan gol selama babak kualifikasi Piala Dunia

2014, harapan Falcao harus pupus untuk memimpin tim Kolombia berlaga di Brasil mendatang. Cedera ligamen lutut yang dialami sejak Januari lalu menjadi penyebabnya. Meski telah membaik, masih butuh proses panjang untuk benar-benar siap bermain. Meski kehilangan Falcao, Kolombia masih bisa bernafas lega karena beberapa pemain penting lainnya masih bisa memperkuat tim asal Amerika Selatan tersebut. Baca: Minus (Halaman 7)

DAFTAR PEMAIN TIMNAS KOLOMBIA Kiper: David Ospina (Nice), Faryd Mondragon (Deportivo Cali), Camilo Vargas (Independiente Santa Fe). Bek: Mario Yepes (AC Milan), Cristian Zapata (AC Milan), Pablo Armero (West Ham), Camilo Zuniga (Napoli), Santiago Arias (PSV Eindhoven), Eder Alvarez Balanta (River Plate), Carlos Valdes (San Lorenzo). Gelandang: Fredy Guarin (Inter Milan), Juan Cuadrado (Fiorentina), James Rodriguez (Monaco), Abel Aguilar (Toulouse), Juan Fernando Quintero (Porto), Carlos Sanchez (Elche), Aldo Leao Ramirez (Morelia), Alexander Mejia (Atletico Nacional). Penyerang: Victor Ibarbo (Cagliari), Jackson Martinez (Porto), Carlos Bacca (Sevilla), Adrian Ramos (Hertha Berlin), Teofilo Gutierrez (River Plate).

KUNJUNGI www.swarakita-manado.com & www.swaramanado-online.com


RABU 4 JUNI 2014 PEMBAGIAN LAPAK

KECAMATAN SARIO

Pala berprestasi akan dapat penghargaan SEMENJAK duduk dan menjabat sebagai Camat di wilayah Sario, Tristje Mokalu ternyata sudah mempersiapkan penilaian prestasi dan kinerja bagi semua jajaran pegawainya sampai pada tingkat Kelurahan, termasuk kepala lingkungan meskipun bukan tergolong sebagai TRISTJE Mokalu. seorang PNS. Terang saja, dari kurang lebih 34 kepala lingkungan (Pala) yang ada di semua Kelurahan di Kecamatan Sario, bagi siapa yang berprestasi akan diberikan penghargaan berupa dikirim ke Pulau Bali untuk kegiatan study banding.

Diduga pilih kasih, Direksi PD Pasar tuai sorotan Manado—Proses pengundian untuk menempati hanggar atau lapak baru di Pasar Bersehati oleh para pedagang yang dilakukan oleh pihak PD Pasar beberapa waktu lalu, akhirnya mendatangkan keluhan dan protes dari sejumlah pedagang yang merasa hak mereka dipasung. Pasalnya, disinyalir ada sejumlah hanggar setelah

ditelusuri telah di kapleng oleh pedagang berdasi yang tidak mengikuti proses atau aturan pengundian dan dipaksakan pihak PD Pasar untuk menempati lapak tersebut. Tak heran, sejumlah pedagang melaporkan dugaan aksi ‘nakal’ oknum PD Pasar itu ke orang nomor satu di Kota Manado yakni Walikota GS

Vicky Lumentut. Hal ini seperti diungkapkan Alim Wahab mewakili pedagang Pasar Bersehati dimana mereka sangat keberatan dengan aksi pilih kasih yang dilakukan PD Pasar seputar penempatan pedagang di hanggar baru Pasar Bersehati. Baca: Diduga (Halaman 10)

Adipura Kota Besar dipertahankan

Baca: Pala (Halaman 10)

KAMPUNGRON KEL. TONGKAINA

Dukung kebersamaan yang dilakukan masyarakat KEBERSAMAAN serta kerukunan yang dimiliki oleh warga di Kelurahan Tongkaina, patut dijadikan percontohan bagi Kelurahan lainnya. Pasalnya, tingkat keamanan serta kebersihan dan kenyaman di setiap lingkungan, dapat terlihat dari upaya bersama warganya setiap hari. Lurah Tongkaina, JEMMY Lombo. Jemmy Lombo dalam keterangannya kepada Swara Kita, Selasa (3/6) kemarin, mengatakan, sangat memberikan apresiasi dan terus mendukung kebersamaan yang sudah lama dilakukan oleh warganya tersebut. Menurutnya, hal ini di karenakan semua warga di Kelurahan Tongkaina, setidaknya sudah memahami arti dari hidup aman, nyaman, bersih serta selalu hidup dalam kerukunan antar umat beragama.

Baca: Dukung (Halaman 10)

WALIKOTA Manado saat meninjau lapak baru yang dikeluhkan pedagang di pasar Bersehati.(foto: ist)

Walikota GSVL: Hasil Adipura adalah berkat bagi warga Manado WALIKOTA GS Vicky Lumentut dan Wawali Harley Mangindaan serta Sekkot Haefrey Sendoh ketika mengarak piala Adipura waktu lalu.(foto: dok/sk)

PEMBUKAAN FESTIVAL TIK

Manado—Prestasi kembali diukir kota Manado yang dipimpin Walikota Dr GS Vicky Lumentut dan

Wawali Dr Harley Mangindaan menyusul dipastikan menjadi salah satu kota yang mendapatkan

piala Adipura untuk kategori Kota Besar. Baca: Adipura (Halaman 10)

REMAJA TELADAN

Wawali: Warga akan lebih cerdas lagi Pedro Sendoh jawara Manado Timur I Manado—Mewakili Walikota Manado Dr GS Vicky Lumentut, Wawali Manado Dr Harley Mangindaan menghadiri Festival Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) 2014 untuk rakyat, Selasa (3/6)

festival tahunan yang ketiga dimana pertama 20 12 di Bandung dengan tema Wilujeng Surfing, 2013 di Surabaya dengan tema Jer Basuki Mowo Tekno dan 2014 di Manado dengan tema Si Tou Timou Tumou Tou Deng TIK.

Manado—Melalui masa karantina yang cukup ketat di Wisma Mutiara Pineleng pada akhir April lalu, akhirnya pemenang Remaja Teladan tingkat Jemaat GMIM Sola Gratia Tikala Wilayah Manado Timur I berhasil dipegang Pedro Timothy Sendoh. Pedro yang adalah anak tercinta Sekkot Manado Ir Haefrey Sendoh dan Ir Daisy Kandowangko Msi berhasil menyisihkan 25 peserta lainnya dalam Grand Final yang dilaksanakan di Gereja Solagratia Tikala.

Baca: Wawali (Halaman 10)

Baca: Pedro (Halaman 10)

MANADO tuan rumah Festival TIK 2014 untuk Rakyat dan dibuka Wawali Manado Harley Mangindaan.(foto: tonny/sk)

kemarin, di Lion Hotel and Plaza. Festival yang dipersembahkan oleh Relawan TIK Manado dan Relawan TIK Sulut, serta didukung oleh Pemkot Manado, KemKominfo dan Relawan TIK Indonesia ini dihadiri ribuan pengunjung. Festival TIK untuk rakyat ini adalah

PAD

JATAH BERAS

PEDRO Timothy Sendoh.

PENDIDIKAN

Tak diterima guru & pegawai Kepsek SMAN 9 warning Pajak tempat kost di SMPN 5 selama 2 tahun siswa pacaran bebas Manado—Terlepas dalam beberapa kali harus Manado—Maraknya sudah sekian kali melakukan masalah dalam pembayaran mempertanyakan kepada verifikasi honor tenaga pihak kepala sekolah. Namun berbagai bentuk kenakalan tanda awas kepada siswa, kalangan pelajar pada khususnya dalam hal maksimal pengajar, kini beberapa guru sampai saat ini, jawaban yang didewasa ini, menjadi sebuah berpacaran, apalagi kalau Manado—Anggota Komisi B Dekot Manado, Hengky Kawalo mengimbau Pemkot Manado, guna memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), maka pajak tempat kos wajib dimaksimalkan. Ini mengingat, tempat kos di Kota Tinutuan sudah terbilang banyak dan tersebar hingga ke pelosok kota. “Ini potensi yang harus dimaksimalkan,” ujarnya, Selasa (3/6) kemarin. Dilanjutkannya, bila dimaksimalkan, peluang PAD untuk bertambah sangat besar. Baca: Pajak (Halaman 10)

kembali diperhadapkan dengan masalah penyaluran jatah beras setiap bulannya yang diuangkan. Salah satunya seperti yang terjadi di SMPN 5 Manado yang berada di wilayah Manado bagian Utara ini, oleh beberapa guru sudah sangat mempertanyakan penyaluran jatah beras tersebut karena sudah 2 tahun belum juga diterima. Padahal bagi mereka jatah tersebut sangat membantu dalam kebutuhan pokok sehari-hari. Dari pengakuan oleh salah seorang guru yang namanya enggan dimediakan ini kepada Swara Kita, selasa (3/ 6) kemarin, mengatakan kalau beberapa guru dan pegawai di SMPN 5 tersebut sudah

diberikan masih terlihat mengambang atau tak ada kejelasan pasti. “Kami sangat berharap ini secepatnya bisa diselesaikan. Apalagi 2 tahun merupakan waktu yang lama bagi kami menunggu jatah beras yang sampai sekarang belum terima,” terangnya. Kepala Dinas Pendidikan Manado, Dante Tombeg saat dikonfirmasikan, kepada media harian ini mengatakan, akan menindaki tegas bagi sekolah yang dengan sengaja mempermainkan jatah beras bagi para guru dan pegawai. Sebab jatah beras itu merupakan hak yang wajib guru terima.

Baca: Tak (Halaman 10)

keprihatinan, baik yang terjadi di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Kali ini, Kepala Sekolah SMAN 9 Manado, Dra Nelly Tani mengatakan, siswa yang berpacaran bebas atau tidak senonoh, itu tidak boleh dilakukan. Apalagi dirinya sudah beberapa kali melakukan pembinaan sekaligus memberikan warning bagi siswa agar memperhatikan himbauan yang disampaikan itu. “Pergaulan anak zaman sekarang yang semakin berkembang dibandingkan dulu, adalah hal yang seharusnya kami perhatikan. Hal itu, kami

dilihat publik,” jelas Tani kepada harian ini, Selasa (3/ 6) kemarin. Siswa yang masih mengenakan seragam dan berperilaku tidak baik di luar lingkup sekolah, kata Tani, akan ditindak tegas apabila didapati. “Selain dikenakan sanksi, kami juga akan berkoordinasi dengan pihak orang tua langsung,” ujarnya. Tani menambahkan, pihak keamanan yakni kepolisian juga harus mendukung mengamankan siswa yang berbuat melanggar aturan dan kode etik sebagai pelajar. Baca: Kepsek (Halaman 10)

Baca: Kelurahan (Halaman 10)

NOMOR TELEPON/FAX (0431) 841071, FAX: (0431) 841060)

KUNJUNGI www.swarakita-manado.com & www.swaramanado-online.com


IBUKOTA

RABU 4 JUNI 2014

Kasat Pol PP terkesan takut tertibkan bangunan ilegal Pedro ... Dari Halaman 9

Manado—Kendati telah ada rekomendasi dari Dinas Tata Kota (Distakot) Manado agar bangunan yang melanggar Izin Mendirikan Bangunan (IMB) segera ditertibkan, namun pihak Satpol PP yang adalah pengaman Perda Manado masih terkesan takut untuk bertindak. Buktinya, Kasat Pol PP Manado, Xaverius Runtuwene justru membantah kalau pihaknya telah mendapatkan rekomendasi Distakot terkait penertiban bangunan tersebut. “Tidak ada rekomendasi soal pembongkaran bangunan yang melanggar IMB. Yang ada hanya tembusan bahwa ada obyek yang melanggar aturan IMB,” kata Runtuwene, Selasa (3/6) kemarin. Disatu sisi, mantan Camat Sario ini menuding, justru Distakot yang tidak benar dalam pengawasan bangunan yang tidak ada IMB tersebut. Pasalnya, lanjut Runtuwene, banyak bangunan yang tidak berizin, tapi sudah berdiri dan saat itulah baru Satpol PP didesak untuk bertindak lakukan pembongkaran. “Perlu

Kepsek ... Dari Halaman 9 “Seharusnya, itu ada pengamanan. Untungnya, sampai saat ini, tidak terdapat siswa yang seperti itu,” kata Kepsek yang mempunyai 1512 siswa itu. Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kota Manado, Dante Tombeg MPd mengatakan bakal berkoordinasi dengan pihak kepolisian, guna melakukan operasi di berbagai tempat yang di kunjungi siswa, seusai pulang sekolah. “Sudah ada beberapa laporan yang seperti itu. Untuk itu, kami berencana menurunkan pihak kepolisian untuk melakukan pengamanan di beberapa tempat,” ucapnya seraya berharap pembinaan yang baik dari pihak sekolah harusnya juga ditingkatkan.(try32)

Tak ... Dari Halaman 9 “Saya akan pertanyakan hal ini secara jelas pada bagian bendahara. Namun apabila hal ini benar, saya akan tindaki pihak sekolah yang berani melanggar atau bebuat kesalahan,” tegasnya.(elha)

Pajak ... Dari Halaman 9 Apalagi, standar harga yang ditetapkan berkisar Rp400 ribuan hingga Rp1,7 juta bahkan Rp2 jutaan sesuai jumlah kamar. Apalagi, rata-rata pemilik kos menyediakan kamar di atas 10 unit, yang sesuai Perda sudah harus dikenakan pajak. “Karena itu, supaya lebih maksimal, pemerintah melalui Dispenda sudah harus melakukan pendataan agar penarikan pajaknya dilakukan,” tutupnya.(dede)

Dengan begitu, Manado meski sempat diterjang bencana banjir bandang pada 15 Januari 2014 lalu, ternyata mampu pertahankan penghargaan bidang lingkungan Kota Besar untuk yang ke-2 kalinya dari keseluruhan 8 kali menerima Adipura. Rencananya, piala tersebut akan diserahkan di Istana Wapres pada Kamis (5/6) esok. Pasalnya, Rabu (4/6) hari ini, undangan baru bisa diambil di Red Top Hotel, Pecenongan Jakarta Pusat. Tak ayal, Walikota Manado Dr GS Vicky Lumentut yang dimintai tanggapan, Selasa (3/6) kemarin, langsung berterima kasih kerja keras masyarakat,

Camat yang dikenal dengan suka senyum kepada semua orang itu, sedikit menegaskan kalau study banding bagi kepala lingkungan yang akan dikirim merupakan apresiasi dirinya atas kinerja dan tanggungjawab yang sudah dilakukan dengan baik, terutama pada soal pelayanan kepada masingmasing warganya. “Rencana ini sudah saya persiapkan dan yang pasti sampai hari ini (kemarin,red) saya sendiri terus melakukan evaluasi bagi semua pala soal kinerja mereka,” ungkapnya kepada Swara Kita, Selasa (3/6) kemarin.(elha)

Dukung ... Dari Halaman 9 “Bahkan sebelum saya sendiri menjabati sebagai Lurah di wilayah ini, kebersamaan warga untuk menjaga dan melindungi sudah ada sebelumnya, sehingga hal ini sangat patut untuk terus dijaga untuk terus di pertahankan,” terangnya.(elha)

Hubungi

0813 5604 0118 0823 4906 4118 Anda butuh pupuk organik? Kami berikan

GRATIS...

ada koordinasi, jangan sudah di bangun baru suruh kami bongkar. Soal bongkar bangunan juga harus juga melalui koordinasi dengan pimpinan paling tidak Sekkot Manado. Sementara untuk lakukan pembongkaran bangunan melanggar aturan, selain Pol PP harus ada pendampingan instansi terkait,” terangnya. Selain itu, Runtuwene mengaku hingga saat ini (kemarin, red) surat tugas pembongkaran belum ada, jadi pihaknya masih menunggu surat itu. “Bongkar bangunan yang sudah berdiri, itu bukan pekerjaan gampang karena sudah banyak uang pemilik bangunan itu yang dikeluarkan, tapi harus dibongkar,” cetus Runtuwene. Ditegaskan Runtuwene, pihaknya juga akan membuat surat peringatan hingga 3 kali bagi pemilik bangunan tersebut. “Selain kami laksanakan tugas, pasti cek apakah bangunan tersebut melanggar aturan. Jika benar melanggar ketentuan, kami tindaklanjut dengan berikan peringatan ke pemilik bangunan dan jika

PU: Mayoritas galian kabel fiber optik PT Telkom ilegal

tidak ada respon, baru kami bongkar,” kata dia. Disentil, apakah belum cukup surat teguran 3 kali dari Distakot sehingga Pol PP juga harus berikan peringatan 3 kali, dirinya mengatakan, jika pihaknya melakukan hal itu untuk menghindari konflik. “Intinya kami instruksi ke anggota Pol PP untuk tetap utamakan persuasif hindari konflik,” ungkap Runtuwene. Sebelumnya, Kadistakot Manado, Donald Supit SH telah merekomendasikan 3 bangunan rumah dan usaha akan dibongkar, menyusul bangunan tersebut melanggar IMB. Adalah, rumah usaha di wilayah Kelurahan Mapanget, bangunan di depan terminal Malalayang tanpa IMB dan Multimart Wonasa karena langgar garis sempadan jalan. “Kita sudah merekomendasikan ke Pol PP untuk lakukan pembongkaran bangunan tersebut karena melanggar peizinan yang ada di kota Manado. Langkah tegas ini kami ambil karena sesuai prosedur pihak yang melanggar telah dilayangkan tiga kali surat pemberitahuan dan peringatan,” tegas Supit,

Senin (2/6) lalu. Lanjutnya, dalam proses penertiban telah diteruskan ke Badan Pelayanan Perizinan Terpadu atau (BP2T) Manado untuk proses pembekuan atau pencabutan IMB yang melanggar tersebut. “Multimart Wonasa khususnya telah berulang kali diberitahukan kalau bangunan mereka melanggar garus sempadan jalan, tapi karena tidak ada etikat baik untuk lakukan perubahan kami harus ambil langkah tegas rekomendasikan pembongkaran oleh Sat Pol PP,” tambahnya saat didampingi Kabid Perumahan Ir Nurlaila Kangiden.(teem)

Manado, ternyata tidak siasia. “Adipura lambang prestasi dan prestise karena program Adipura difokuskan untuk mendorong dan memacu warga masyarakat agar menjadi kota bersih dan teduh. Dengan Adipura dipertahankan, artinya upaya dan kerja keras semua pihak sudah berhasil,” ungkap Wawali. Mantan Kepala BLH Manado, Joshua Pangkerego yang dimintai tanggapan menjelaskan, kriteria penilaian Adipura terdiri dari 2 indikator pokok yakni kondisi fisik lingkungan perkotaan dalam hal kebersihan dan keteduhan kota serta pengelolaan lingkungan perkotaan (non fisik) yang

meliputi institusi, manajemen, dan daya tanggap. Diakuinya, untuk meraih prestasi adipura setiap daerah tentunya para melalui kepala daerah yang membuat berbagai program. “Prestasi ini harus dipertahankan dan kedepan target kita Adipura Kencana,” ujar Pangkerego. Sementara itu untuk penghargaan Adiwiyata, lanjut Pangkerego, sesuai informasi yang diterima dari KLH, SMA 7 berhasil dapat Adiwiata. “Kita masih tunggu resminya pengumuman tersebut, meski kami sudah ada kabar SMA 7 terima Adiwiata,” kunci Pangkerego.(teem)

Itu dikarenakan, ada sebanyak 14 nomor undian yang tak dilakukan proses pengundian, namun pada akhirnya telah ditempati oleh pedagang siluman sehingga kemungkinan lapak tersebut sengaja dikosongkan tak diundi agar supaya bisa dijual sepihak ke pedagang lainnya, dengan harga yang cukup fantastis. “Kami siksa-siksa antri ikuti aturan pengundian, tak tahunya ada pedagang siluman yang bermain di belakang layar. Ini patut ditelusuri oleh Pak Walikota,” sindir Wahab terlihat menahan emosi. Menanggapi hal ini, Walikota GSVL mengaku

terkejut dengan adanya laporan itu. Menurut GSVL, pihaknya masih akan mengecek kebenaran laporan pedagang yang biasa mangkal di Pasar Bersehati tersebut. Namun yang pasti, akan menyerahkan semua persoalan itu ke pihak PD Pasar untuk menyelesaikan secara baik-baik, dan kalau bisa duduk bersama dengan pedagang untuk mendengar keluhan dan aspirasi mereka tersebut. “Saya akan mengecek lagi persoalan itu dengan PD Pasar, tidak ada masalah yang tak bisa diselesaikan. Yang jelas, PD Pasar harus adil menempati pedagang yang ada,” tegas GSVL.(dede)

pemerintah kota Manado tentang Smart City dan hal yang patut dibanggakan oleh kota Manado adalah angkutan kotanya atau disini disebut dengan mikrolet dilengkapi dengan Wifi. Meski banyak pesimis tapi jika dilakukan secara bersama-sama, maka akan terasa ringan. Karena dengan smart city masyarakat Manado akan lebih cerdas lagi,” ungkap Wawali. Dari data, menurut Wawali,

pertumbuhan rata-rata pengguna internet Tanah Air tiap tahunnya sekitar 15%. “Dan untuk kota Manado baru 26,5% penduduknya yang menggunakan internet dari angka 449.000 jumlah penduduk dan yang menggunakan internet hanya 119.000 jiwa pada tahun 2012. Tujuan kegiatan ini untuk mendorong apresiasi dan edukasi masyarakat, bagi relawan TIK, festival TIK merupakan wadah silahturahmi tukar pengalaman guna meningkatkan kualitas dan kopetensi dalam rangka edukasi dan pemberdayaan masyarakat dibidang TIK,”

tambah Wawali. Dalam kesempatan itu dihadiri Dirjen Aplikasi Informatika Ir Bambang Heru Tjahyono, Msc dan para ubdabgab menyematkan baju pengukuhan kepada 6 daerah Relawan TIK yaitu Balikpapan, Palopo, Pare-Pare, Bau Bau, Minahasa Utara dan Bolang Mongondow Utara. Disamping itu, Wawali mewakili Walikota menerima penghargaan dari Dirjen Aplikasi Informatika atas keberhasilan dalam pengembangan infrastruktur TIK di kota Manado. Dan dalam kesempatan itu juga Wawali langsung mencoba

fasilitas Wifi di angkutan kota bersama-sama dengan undangan yang menghadiri festival TIK 2014. Hadir dikegiatan Staff Ahli Menkominfo bidang sosial budaya Djoko Agung, Staf Ahli Menkominfo Bidang Komunikasi dan Media Masa Hendri Subiakto, Badan RegulasiTelekomunikasi Indonesia Fetty Fajrianti, Direktur Pemberdayaan Informatika Septriana Tangkary, Kejaksaan Tinggi Sulut Taufik Hidayat, dan jajaran Kemkominfo, relawan TIK dan para stakeholder bidang telekomunikasi informasi dan teknologi.(teem)

KONDISI trotoar yang rusak akibat galian galian kabel fiber optik di wilayah Tikala.(foto: tonny/sk)

X. Runtuwene.

Adipura ... Dari Halaman 9

Pala ... Dari Halaman 9

SEDOT WC (TINJA) WC TERSUMBAT

GALIAN KABEL

Runtuwene: Tidak ada rekomendasi soal pembongkaran bangunan melanggar IMB

“Kemenangan ini sebagai sebuah komitmen iman sebagai seorang remaja Kristiani dalam mengarungi masa muda serta memiliki tanggung jawab besar agar dapat menjadi berkat bagi sesama,” tegas Pedro yang saat ini duduk di Kelas XI SMA Katolik Don Bosco Manado. Sekkot Manado sendiri ketika dimintai tanggapan menyatakan rasa sukacita yang besar atas kemenangan Pedro. “Sebagai orangtua tentunya kami merasa bangga dan bersyukur sehingga Pedro dapat terpilih. Semoga Pedro dapat selalu menjadi garam dan terang dunia serta senantiasa diberkati dalam masa mudanya hingga dalam pertumbuhan imannya bersama Yesus Kristus,” pesan Sekkot. Pada kesempatan tersebut juga, Jessica Kaunang yang merupakan Putri tercinta dari pasangan Ir Ivan Kaunang dan Yohanna Mende berhasil mencuri perhatian penonton dan juri serta berhak menggondol Remaja Teladan Favorit. Sementara itu, Pedro dan Debora akan mewakili GMIM Solagratia Tikala dalam Seleksi Remaja Teladan Rayon Manado pada 29 Juni 2014 nanti.(teem)

SEDOT WC

10

relawan dan jajaran Pemkot Manado serta semua pihak yang telah membantu percepatan pemulihan kota Manado pascabencana banjir bandang lalu. “Terima kasih, kerja bersama antara pemerintah dan masyarakat serta relawan sehingga Manado bisa cepat pulih dari sampah. Hasil Adipura adalah salah satyu berkat bagi warga kota Manado untuk tetap membangun menuju ke arah semakin baik,” ungkap GSVL sapaan akrab Walikota enerjik ini sembari bersyukur. Ditambahkan Wawali Manado Dr Harley Mangindaan, kerja keras masyarakat kota Manado serta perjuangan Walikota serta jajaran Pemkot

Manado—Kadis PU Manado, Ir Ferry Siwi menyatakan, mayoritas kegiatan galian kabel fiber optik yang dilakukan di pinggir jalan oleh PT Telkom ilegal atau tidak berizin. Selain itu, pengerjaan tersebut juga membuat jalan dan trotoar menjadi rusak. Ditegaskannya, sejumlah titik jalan kota Manado rusak akibat galian kabel fiber optik karena tidak mengindahkan ketentuan yang sudah ditetapkan. “Kami mewajibkan galian harus mendapat rekomendasi perizinan dari Dinas PU Manado, tapi kenyataanya mereka (Telkom,red) malah menggali serampangan atau seenaknya,” cetus Siwi, Selasa (3/6) kemarin. Menurut dia, selain PT Telkom XL lewat rekanannya terkesan hanya mementingkan kepentingan sendiri tanpa melihat hal ini menyebabkan sejumlah ruas jalan kota Manado yang terkena galian rusak. “Yang ada selama ini, akibat galian tersebut, kamilah (Pemkot,red) yang selalu disorot soal kemantapan jalan,” ujarnya. Sementara itu, Siwi merasa

heran dengan sikap PT Telkom dan XL karena kejadian seperti ini terus rutin terjadi, sedangkan Dinas Bina Marga selaku dinas yang memiliki tanggung jawab pemeliharaan jalan sudah mengirimkan pemberitahuan kepada perusahaan provider tersebut soal aturan. Disatu sisi, Siwi menjelaskan, untuk Tree dan Indosat ada rekomendasi galian FO, tapi mereka harus ada garansi perbaikan jalan dan trotoar yang telah rusak diperbaiki. “Garansi sesuai spot kegiatan galian sekitar Rp50 juta untuk perbaikan. Jika mereka tidak perbaiki, PU akan langsung menarik dana itu dan lakukan perbaikan pengaspalan dan perbaikan trotoar. Yang tidak ada rekomendasi, kami juga telah layangkan klaim seperti di jalan TNI Tikala kegiatan Telkom telah merusak badan jalan tanpa dibenahi. Kami juga berharap pihak kelurahan untuk bisa mengawasi galian seperti itu wilayahnya agar sarana umum tidak rusak,” kuncinya.(teem)

Diduga ... Dari Halaman 9

Wawali ... Dari Halaman 9

SEDOT WC AHLI SEDOT WC TERSUMBAT (TINJA) HUB. 081340558427 ANDA BUTUH PUPUK ORGANIK? KAMI BERIKAN....GRATIS.

“Banyak yang masih mempercayakan kota Manado untuk menjadi tuan rumah even, baik yang berskala nasional maupun internasional. Itu membuktikan kedewasaan masyarakat kota Manado dan semangat untuk bangkit pascabencana 15 Januari 2014 lalu,” ujar Wawali dalam membuka festival TIK. Wawali pun tidak lupa menyampaikan terima kasih

kepada para stakeholder teknologi telekomunikasi dan informasi yang telah membantu pertumbuhan TIK di kota Manado dengan mengimplementasikan program-programnya yang hebat seperti Bunaken Digital Island dimana Pulau Bunaken akan menjadi spot perkembangan dunia teknologi dan informasi. “Bunaken Digital Island merupakan bagian dari impian

LOWONGAN KERJA DIBUTUHKAN SEGERA Sales SPG dengan gaji di atas UMR & Memuaskan SURAT LAMARAN DIBAWA LANGSUNG KE

CV PUNDI EMAS Jln. Santiago 3 No. 91 Tuminting Manado Telp: (0431) 3328333

LOWONGAN KERJA PT. EWF MEMILIH ORANG ORANG YANG PUNYA NIAT BESAR UNTUK MAJU BERSAMA KAMI (MARKETING, DATABASE, BACK OFFICE DAN KONSULTAN). PENDIDIKAN MIN. SMA SEDERAJAT. FASILITAS: MOBIL KANTOR DAN MESS.

HUB : LIMBRA TLP : 082191040365


TOTABUAN BOLSEL TAPD

Hari ini tim bahas RKA APBDP 2014 JIKA tidak ada aral melintang, rencananya Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan mulai membahas penyusunan Rancangan Kegiatan Anggaran (RKA) APBD Perubahan 2014. Hal ini dikatakan langsung oleh Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Bolsel Tahlis Gallang SIP MM, Selasa (3/6) kemarin. Dikatakannya, rencana Pemkab, Rabu (4/6) hari ini, pembahasan penyusunan RKA untuk APBD-P 2014 mulai digelar. “Kalau tidak ada penundaan besok (hari ini,red) kita akan gelar rapat TAPD bersama seluruh SKPD akan gelar rapat sekalian sudah dengan RKA masing-masing SKPD, paling lambat lusa,” kata Sekkab.

BOLMONG, KOTAMOBAGU, BOLMUT BOLTIM, BOLSEL

Alfian: Itu tidak benar, pemotongan Rp250 ribu sesuai kesepakatan bersama

KOTAMOBAGU JELANG PILPRES

Walikota KK hadiri Rakornas pemantapan

Baca: Walikota (Halaman 12)

BOLMONG PNS PINDAHAN

Tenaga guru jadi prioritas pemkab BANYAKNYA berkas usulan pindah Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari luar daerah Kabupaten Bolmong, mengharuskan Badan Kepegawaian Diklat Daerah (BKDD) Bolmong lebih selektif. Namun, masuknya usulan berkas pindah sejumlah PNS, yang hendak bergabung di lingkup Pemkab Bolmong tetap melalui prosedur yang berlaku. Hal ini seperti yang disampaikan Kepala Bidang Mutasi BKDD Bolmong Jhon Lun. “Semua yang masuk kami terima, dan kami proses, tapi untuk saat ini kami prioritaskan tenaga pengajar,” katanya. Jhon menambahkan, usulan dari sejumlah PNS untuk pindah tidak berpengaruh pada kebutuhan jumlah pegawai yang ada. Karena pihaknya, hingga saat ini menampung semua berkas, baik yang akan pindah dari lingkup Bolmong, maupun yang akan datang bergabung. “Jadi tetap seimbang, karena ada yang masuk dan ada yang keluar,” katanya lagi. Jhon menjelaskan, untuk menekan anggaran belanja pegawai, pihaknya mulai merelakan PNS yang memasukan berkas pindah ke daerah lain. Baca: Tenaga (Halaman 12)

BOLMUT PELANGGARAN

DP ajak warga sukseskan Pilpres

BUPATI Drs Depri Pontoh, bersama unsur FKPD, KPU, Panwaslu serta Kesbangpol Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut) Selasa (3/6), bertolak ke Jakarta, menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemantapan Pelaksanaan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) tahun 2014 di Sentul International Convention center (SICC) Bogor. Menurut DP sapaan akarab bupati, ada 13 item yang di instruksikan oleh Presisden RI dalam Rakornas tersebut diantarannya sukseskan Pilpres 2014, mengambil pengalaman pelajaran Pemilu 2009 dan Pileg 2014 atau Pelaksanaan Pemilu sebelumnya. Baca: DP (Halaman 12)

BOLTIM RAKORNAS PEMANTAPAN

Hadapi Pilpres, semua daerah harus siap GUNA menghadapi Pemilihan Presiden (Pilpres) Republik Indonsia (RI), pada bulan Juli mendatang, semua daerah di wilayah Indonesia harus siap dengan Pilpres tersebut. “Semua kepala daerah, yakni Gubenur, Bupati dan Walikota, harus memiliki andil besar sesuai dengan kewenanganya yang di atur dalam undang-undang pemilu,” ujarKetuaKomisiPemilihanUmumDaerah(KPUD)Boltim, Hendra Damopolii, mengutip sambutan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), saat Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di Bogor, Selasa (3/6) kemarin. Baca: Hadapi (Halaman 12)

11

Wali murid protes Pungli di SMPN 4 Kotamobagu

Baca: Hari (Halaman 12)

WALIKOTA Kotamobagu Ir Tatong Bara, Selasa (3/6) kemarin, menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas), pemantapan jelang pelaksanaan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, TATONG Bara. yang dilaksanakan di Sentul International Convention Centre (SICC) Bogor. Kegiatan yang dibuka lagsung Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono tersebut, diikuti oleh Gubernur, Bupati dan Wali Kota, Pangdam, Kapolda, Pejabat eselon I di lingkungan Kementerian Dalam Negeri, Mabes TNI, Kejaksaan Aggung, Mabes Polri, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Panwaslu Kabupaten dan Kota seluruh Indonesia, serta institusi terkait.

RABU 4 JUNI 2014

TETAP tolak rolling Kepsek, warga Dumoga Barat kembali segel sekolah.(foto: yun/sk)

ROLLING KEPSEK

Enam sekolah di Bolmong kembali disegel warga Lolak—Rolling Kepala sekolah (Kepsek) yang dilakukan, Senin (2/6) di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) kembali menimbulkan protes warga. Pascarolling 97 kepsek yang dipimpin Wakil Bupati Yanni Tuuk, kali ini 6 sekolah kembali disegel warga, Selasa (3/6) kemarin, yang mengakibatkan ratusan siswa tak bisa belajar. Warga Kecamatan Dumoga Barat mengatakan, bahwa aksi penyegelan sekolah itu, diduga merupakan kekecewaan warga. Sebab, warga menilai rolling yang dilakukan itu berbau politis dan sudah tidak objektif lagi. “Kami nilai, rolling Kepsek tidak ada kajian secara matang dan objektif lagi. Ini hanya mengedepankan kajian politis saja,” kata Detri Bonde warga Torout yang tak lain Ketua Komite SMP 10. Dari data yang didapat, 6 sekolah yang disegel itu, yakni SD Gogaluman Keca-

matan Poigar, SMP Negeri 10 Dumoga di Toraout, SMP Negeri 7 Dumoga di Tambun, SMP Negeri 1 Dumoga Werdi Agung, SMP negeri 2 Dumoga di Mopuya dan SMP Negeri 5 Dumoga di Doloduo. Pintu masuk ruang kelas dipalang dengan menggunakan balok yang mengakibatkan para siswa tak bisa masuk. Balok nanti dibuka berkat bantuan aparat kepolisian dari Polsek dibantu aparat Polres Bolmong yang turun ke lokasi. Kepala dinas pendidikan Bolmong Mariani Masagu mengaku, jika aksi penyegelan yang terjadi akibat protes rolling Kepsek yang sudah dilantik waktu lalu. Namun dia menegaskan, rolling yang dilakukan itu tidak ada kaitan dengan politis, semua murni kajian dan sudah sesuai dengan aturan. Bahkan dia menambahkan, rolling itu hak prioregatif bupati. Sehingga warga

ILLEGAL LOGGING

tidak perlu terpancing dengan isu yang sifatnya politis yang menyebabkan terganggu belajar mengajar para siswa. “Saya sudah menerima informasi tersebut. Bahkan, saya telah menerima surat penolakan pergantian Kepala sekolah di SDN Gogaluman Poigar. Ada 40 nama yang membubuhkan tanda tangan menolak Kepsek SDN Gogaluman yang baru yakni Dantje Tolo, yang sebelumnya dijabat, Jein Tampi,” kata Mariani saat dikonfirmasi. Akan hal ini pun, Wakapolres Bolmong Kompol Daru Tyas Wibawa mengaku telah mengerahkan anggota untuk membuka segel yang dipasang didepan pintu masuk ruangan kelas di sejumlah sekolah yang disegel oknum warga. “Balok yang dipalang dipintu ruangan masuk ruang kelas sudah dibuka. Sejumlah anggota dikerahkan untuk membantu

pihak guru,” kata Daru. Bahkan otak pelaku terkait aksi penyegelan sekolah itu, untuk secepatnya diamankan. Jika ada keluhan baiknya disampaikan ke pimpinan bukan melakukan aksi segel. Kasihan para siswa yang tidak belajar. “Saya sudah perintahkan para Kapolsek, untuk mengamankan oknumoknum yang melakukan penyegelan di sekolah . Yang menyegel sekolah itu harus ditindak sesuai hukum yang berlaku. Penyegelan itu, tidak bisa dibiarkan begitu saja, ini bisa menghambat proses belajar mengajar para siswa,” tegas Daru.Aksi penyegelan sekolah terjadi Selasa (3/6) pasca pelantikan 97 kepala sekolah yang dilakukan Wakil Bupati Yanni Tuuk di lantai 2 kantor bupati Senin (2/6). Namun diduga kuat, aksi protes ini lantaran kekecewan para kepsek yang sudah dilantik sebelumnya.(try26)

IJAZAH PALSU

Dishutbun seriusi Oknum Caleg kondisi hutan Bolsel dituntut 6 bulan Molibagu-Maraknya penebangan liar di wilayah Bolaang Mongondow Selatan membuat kondisi hutan semakin kritis. Terbukti, jelang beberapa bulan terakhir ini sudah ada sekitar 30 an kubik kayu ilegal yang tersita oleh Dinas Kehutanan dan Perkebunan Bolsel. Kondisi ini tentunya perlu diantisipasi oleh warga setempat. Pasalnya jika kondisi hutan kritis otomatis bencana erosi akan gampang terjadi di wilayah. Maraknya pembalakan liar tentunya menjadi perhatian utama Dishutbun dalam menanggulangi kondisi hutan yang semakin lama semakin kritis. Pesan tersebut sering disampaikan oleh Bupati Bolsel H Herson Mayulu SIP dalam setiap penyampaiannya di hajat-hajat masyarakat. Tak hanya itu saja, Pemerintah desa juga ikut dilibatkan dalam menjaga kondisi hutan serta memantau langsung penebangan liar yang terjadi di

wilayahnya masing-masing. Kadis Hutbun Bolsel Maxi Limbat ketika dikonfirmasi Selasa (3/6) kemarin mengatakan upaya Dishutbun dalam memaksimalkan pengawasan terhadap ilegal loging sudah maksimal. Hanya saja personil Polisi Hutan (Polhut) masih kurang sehinggah perlu penambahan personil lagi. “Kita masih kekurangan personil, itu saja masalahnya. Makanya masih tetap ada saja pelaku pembalakan liar,” kata Maxi. Disamping itu juga, Dishutbun Bolsel belum memiliki penyidik pelaku pembalakan liar. Makanya dalam proses penangkapan ilegal loging yang sering dilakukan masih tetap ditangani oleh penyidik dari Dinas Kehutanan provinsi Sulut. “Kalau jadi kita akan anggarkan dalam APBDP pendidikan bagi 2 orang tena-ga penyidik di Dishutbun bila disetujui,” cetusnya.(try29)

Boroko—Kasus tindak pidana pemilu, pemalsuan ijazah terdakwa Rekso Binolombangan (RB) kembali disidangkan di Pengadilan Negeri (PN) Kotamobagu, Senin (2/6) awal pekan ini.Sidang yang dipimpin Ketua Majelis

Hakim I Dewa Made Budi Watsara SH, anggota Nur Dewi Sundari SH dan Erick I Christoffel SH, mengagendakan pembacaan tuntutan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). Baca: Oknum (Halaman 12)

PELANGGAN

Layanan Telkomsel di Boltim mengecewakan Tutuyan-Dua hari terakhir ini, layanan jaringan telekomunikasi diwilayah Kabupaten Boltim, milik Telkomsel sangat mengecewakan. Sejumlah pelanggan pengguna kartu AS dan Simpati-pun merasa kesal, dimana saat akan berkomunikasi dan mengakses data melalui ponsel sangat sulit. “Telkomsel sangat mengecewakan pelangan,

beberapa hari ini service internet dan SMS sulit di akses, “ ujar salah satu Pegawai Negeri Sipil (PNS) Boltim, Man Rizi Mokoagaow, Selasa (3/6) kemarin. Dirinya meminta kepada pihak PT Telkomsel, agar segera memperbaiki jika ada kerusakan jariang ditower Tekomsel Boltim. Baca: Layanan (Halaman 12)

Kotamobagu—Dunia pendidikan di Kota Kotamobagu (KK) kesekian kalinya mendapat image negatif. Hal ini disebabkan masih maraknya Pungutan liar (Pugli) di sejumlah sekolah di kota ini. Hal ini dibuktikan atas laporan salah satu wali murid yang mengadukan Sekolah Tingkat Pertama (SMP) Negeri 4 Kotamobagu telah melakukan Pungli kepada 200 siswa. Dikatakan Deni Dipudus (wali murid), bahwa di SMPN 4 Kotamobagu telah memungut biaya kepada wali murid Rp250 ribu/siswa. Pungli ini untuk peng-

urusan ijazah, perpisahan, dan lainnya. Untuk perincian Pungli diberikan kepada wali murid pada rapat wali murid yang di kemas sedemikian rupa agar ini menjadi kesepakatan dengan wali murid. “Saya telah memprotes terkait Permendikbud Nomor 60 Thn 2011, tapi pihak sekolah dengan barbagai alasan tetap memaksa menuntut uang 250 rbu/siswa. Kira-kira apa sanksi pihak sekolah yang melakukan Pungli kepada siswa?,” ungkapnya dengan nada kesal, Selasa (3/6) kemarin. Baca: Wali (Halaman 12)

KAPASITAS PENJARA

Penuh, polres titip tahanan di Rutan Kotamobagu—Sejumlah tahanan Polres Bolmong sebagian terpaksa dititip di Rumah tahan (Rutan) Kotamobagu. Ini lantaran, kapasitas sel sudah over kapasitas. “Kalau untuk tahanan yang lainnya juga kita titip di Rutan. Ini karena sudah sesak,” kata Kasat Reskrim Polres Bolmong AKP Iver Manossoh, Selasa (3/6) kemarin. Manossoh mengatakan, kapasitas sel tahan Polres hanya bisa menampung 30 puluh tahanan. Namun saat

ini sudah mencapai hampir 70 tahanan, belum lagi para tahanan dari beberapa Polsek, terpaksa harus dipindahkan, mau tidak mau harus berdesakan di dalam. “Untuk tahanan perempuan, tetap dititip di Rutan. Sebab Polres sendiri belum memiliki tahanan perempuan,” katanya lagi. Diketahui, untuk para tahanan yang ditahan di sel Polres berupa kasus togel, curanmor, cabul, penganiayaan, KDRT, serta kasus dugaan korupsi.(try26)

PENAS KTNA

Hari ini pemkab kirim para peserta Molibagu-Dalam ajang tingkat nasional peringatan Pekan Nasional (Penas) Petani dan Nelayan ke XIV di MalangJawa Timur pekan ini, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan rencananya akan melepas pesertanya di kantor daerah Panango hari ini Rabu (4/6). Dari Pemkab sendiri akan mengutus instansi terkait termasuk di dalamnya Badan Penyuluh Pertanian, Perkebunan,Peternakan, Perikanan dan Kelautan (BP4K), Dinas Pertanian dan Peternakan, Dinas Perikanan dan Kelautan serta dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Bolsel Drs Sjamsul Bahri Badu. Hal ini dikatakan oleh Kabag Humas Bolsel Masni H Pomo Selasa (3/ 6) kemarin. Katanya Pemkab Bolsel akan ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan Penas ke XIV di Malang Jawa Timur. “Selain instansi yang terkait, Wabup Bolsel juga akan ikut serta dalam pelaksanaan tersebut,” Kata Masni.

Dalam penjelasannya Penas merupakan perhelatan empat tahunan yang pada 2014 ini akan mengusung tema “Memantapkan Kepemimpinan dan Kemandirian Kontak Tani Neyan dalam Rangka Kemitraan dan Jejaring Usaha Tani Guna Mewujudkan Kesejahteraan Petani dan Nelayan”. “Rencananya Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan membuka perhelatan yang melibatkan 35 ribu nelayan dan petani ini sebagai partisipan,” jelas Masni. Ditambahkannya,sebanyak tujuh kegiatan pokok Penas, diantaranya, mengedepankan akses pasar petani dan nelayan, pengembangan kapasitas Sumber Daya Manusia dalam usaha pertanian dan perikanan, p e m e r a t a a n kesejahteraan rakyat, serta adaptasi teknologi untuk kegiatan produksi. “Itu beberapa program yang nantinya ada di P e n a s , ” tambahnya.(try29)

SAMBUT HUT RI

Pemkot KK gelontorkan Rp200 juta untuk Paskibraka Kotamobagu—Dalam rangka mensukseskan peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kotamobagu, terus mematangkan

persiapan pembentukan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kotamobagu. Berdasarkan informasi dari sumber resmi, pemerintah tak tanggungtanggung menggelontorkan dana hingga mencapai 350-an juta

untuk memaksimalkan Paskibraka tersebut. Sementara itu, menurut Kepala Bidang (kabid) Pemuda dan Olahraga Dikpora kotamobagu, Dr Abrar M.pd, anggaran Paskibraka sekitar 200-an juta. “Ada proses tender untuk pengadaan

seragam, sepatu, penginapan dan lain-lain. Namun lebih jelasnya bisa ditanyakan langsung kepada PPTK,” tuturnya. Disisi lain, saat ditanyakan terkait waktu pelaksanaan tugas Paskibraka yang sudah dekat, sementara pelatihan

intensnya baru akan dilaksanakan bulan Juni ini, Abrar mengatakan, jenjang waktu yang mepet itu tidak masalah. “Memang biasannya pelatihan intens Paskibraka dilaksanakan sejak April. Namun menurut saya, dengan

waktu yang mepet dan dibarengi intensitas pelatihan yang tinggi, itu bisa menghasilkan kualitas yang baik. Dibanding dengan waktu panjang namun saat pelaksanaan malah k u r a n g , ” tukasnya.(try26)


TOTABUAN

Hari ... Dari Halaman 11 Upaya Pemkab Bolsel dalam mempercepat proses penyusunan APBD-P 2014. “Paling lambat Juli kita sudah runing APBDP,” cetusnya. Menurut birokrat handal jebolan STPDN ini target penyusunan tersebut akan bisa dicapai oleh Pemkab terutama ditataran SKPD. “Pasti kita bisa menyelesaikan dalam waktu yang telah ditetapkan,” ungkapnya. Dalam pembahasan tersebut untuk anggaran yang nantinya akan dibahas dalam APBDP mencapai Rp53 miliar dikurangi dengan deposit Rp19 miliar, sehingga totalnya nanti masuk dalam pembahasan mencapai Rp34 miliar. “Itu Silva yang nanti kita bahas dalam anggaran,” tuturnya. Sementara itu belum dihitung jumlah Sisa Hasil Tender (SHT) tahun 2014. Kemungkinan besar masih akan mengalami ketambahan anggaran. “Ketambahannya kemungkinan tidak terlalu besar, hanya dikisaran anggaran tersebut, kita belum hitung, nanti pada saat pembahasan baru bisa kita ketahui berapa SHT dari masing-masing SKPD tahun ini,” Jelasnya.(try29)

Walikota ... Dari Halaman 11 Sementara itu, Walikota melalui Kabag Humas Pemerintah Kotamobagu, Sitti Rafiqah Bora mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka mensukseskan pelaksanaan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia, yang akan dilaksanakan pada 9 Juli 2014 mendatang. Walikota juga menghimbau kepada seluruh warga Kota Kotamobagu, untuk selalu menjaga suasana kondusif yang telah tercipta dengan baik diwilayah Kota Kotamobagu. “Mari kita sukseskan bersama pelaksanaan pemilihan presiden dan wakil presiden pada 9 Juli mendatang, dan jangan lupa untuk menggunakan hak pilih pada Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden nanti,” imbau Walikota.(try26)

Tenaga ... Dari Halaman 11 “Yang kami berikan rekomendasi rata-rata staff administrasi, yang jelas kami tetap mempertahankan PNS yang masih sangat dibutuhkan,” jelas Jhon, melanjutkan bahwa saat ini BKDD menyimpan 18 berkas pindah keluar Bolmong, dan 9 berkas pindah masuk Pemkab Bolmong.(try26)

BOLMONG, KOTAMOBAGU, BOLMUT BOLTIM, BOLSEL

RABU 4 JUNI 2014

12

Uang saku sejumlah peserta KTNA dipotong Kapala BP4K Boltim katakan itu sudah sesuai hasil rapat Tutuyan-Sebanyak 60 peserta Pekan Raya Nasional (Penas) yang diutus oleh Pemerintah Boltim, di Malang pada tanggal 7 Juni nanti, mengeluhkan adanya pemotongan uang saku dalam keikutsertaan mereka. Dimana uang saku yang diberikan oleh Pemkab Boltim sebesar Rp3,2 juta, dipotong sebesar Rp750 ribu setiap peserta. Dengan alasan untuk dana

tidak terduga nanti selama pelaksanaan Penas nanti. “Kami heran, uang sakunya hanya Rp3,2 juta, tapi masih juga dipotong oleh panitia. Banyak peserta yang tidak setuju, tapi tetap dipaksa,” beber salah satu peserta Penas asal kecamatan Nuangan yang tidak mau namanya dikorankan. Menanggapi hal tersebut, Kepala Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian Perikan-

an dan Kehutanan (BP4K) Pemkab Boltim, Muhamad Yahya SP ketika dikonfirmasi, Selasa (3/6) kemarin, membantah jika itu dikatakan pemotongan. “Sesuai dengan kesepakatan hasil rapat beberapa waktu lalu, dari Rp750 ribu itu, akan dibayarkan uang makan, uang transportasi. Karena sampai di Malang, tidak mungkin setiap peserta akan diminta uang makan dan uang saku, makanya disepakati dikumpul uang harian selama disana, dan ini pasti akan dipertanggung jawabkan,” terang Yahya.(try25)

Boroko—Tunjangan sertivikasi bagi 41 orang Guru di Kabupaten Bolmonng Utara (Bolmut), belum bisa direalisasikan karena masih terganjal SK Dirjen Kemendikbud. Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Bolmut menginformasikan, dari 340 orang guru penerima Tunjangan Sertivikasi Guru (TSG), ada 41 orang diantaranya belum mengantongi SK Dirjen Kemendikbud. Namun Dikpora optimis, pembayaran TSG bagi guru-guru

penerima di Bolmut tidak tersebut tidak akan lewat bulan ini (Juni 2014). Hal ini disampaikan Kabid Kepala Bidang (Kabid) Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PMTK) Dikpora Bolmut Irwan Panigoro, Senin (2/6). Irwan menjelaskan, dari 340 total 299 guru telah mendapatkan realisasi TSG tersebut, sedangkan untuk 41 guru lainnya, masih terganjal SK Dirjen, sebab ada persyatanya yang masih harus dilenkapi salah satunya kelengkapann Dapodik. “Namun begitu kami optimis

semuanya rampung di bayarkan pada bulan ini juga,” terangnya. Sementara itu Irwan mengatakan sedikitnya ada sekitar 700-an guru di Bolmut yang belum terdaftar sebagai guru sertifikasi akibat belum memenuhi sistem persyaratan. “Dan diantaranya persyaratan sertifikasi tersebut, para guru tersebut, yakni minimal bagi guru S1 masa kerjanya harus diatas 5 tahun sedangkan yang bukan sarjana minimal harus 50 tahun masa kerjanya,” pungkasnya.(try26)

SOSIALISASI LAHAN

PEMBAHASAN

Hari ini, Baleg bahas 2 Ranperda Kotamobagu—Jika tak ada aralmelintang, pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Dewan Kota Kotamobagu, direncanakan akan dibahas, Rabu (4/6) hari ini, di Kantor Dekot Kotamobagu. Anggota badan legislatif (Baleg) Kadir Rumoyor menjelaskan, pembahasan

TSG BOLMUT

Pencairan dipastikan tuntas bulan ini

Ranperda inisiatif akan membahas soal retribusi rusunwa dan penyewaan alat berat. “Besok Baleg akan akan membahas beberapa ranperda inisiatif soal rusunwa dan alat berat,” kata Kadir, Selasa (3/6) di ruang kerjanya. Sementara itu Ketua Dekot Kotamobagu Rus-

PT ASA didesak segera tindak lanjuti surat ESDM

tam Siahaan, membenarkan terkait informasi tersebut, bahkan Rustam mengatakan akan segera memacu pembahasan itu menjelang akhir masa jabatan. “Ya, besok akan ada pembahasan ranperda inisiatif. Kita akan memacu itu, apalagi tinggal 4 bulan masa jabatan kami,” jelasnya.(try26)

Tu t u y a n - P e r u s a h a a n tambang emas PT Arafura Surya Alam (ASA), kembali didesak agar segera menindak lanjuti surat yang dilayangkan oleh Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Pemkab Boltim, yakni sosialisasi lahan kepada masyarakat lingkar tambang. “Surat Pemkab Boltim, melalui ESDM ke PT ASA sejak bulan April lalu, tapi sekarang sudah bulan Juni,

mereka belum lagi melakukan sosialisasi, “ kata Tokoh Pemuda Boltim, Rustaman Paputungan kepada wartawan, Selasa (3/6) kemarin. Paputungan mengatakan, dikhwatirkan sebelum melakukan oprasi produksi, sosialisasi mereka nanti hanya asal-asalan saja atau asal jadi. Segingga itu, mereka berharap agar segera melakukan sosialisasi agar supaya masyarakat dilingkar tambang tidak terus

bertanya-tanya. “Jangan nanti sudah dekat produksi, baru melakukan sosialisasi,” ujar Paputungan. Pihak eksternal PT ASA Reginal Pontoh, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa saat ini perusahaan sementara melakukan persiapan sosialisasi. “Sosialisasi tetap dilaksanakan. Hanya saja, mereka masih menunggu waktu yang tepat dari pihak manajemen,” jelas Pontoh.(try25)

Sementara Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 4 Kotamobagu Alfiaan Lababa, menepis bahwa ada pungutun liar disekolahnya. Ia menjelaskan bahwa uang 250 ribu rupiah itu sudah

disepakati oleh wali murid dan pengurus Komite. “Biaya itu sudah disetujui wali murid dan komite, karena uang tersebut diperuntukan untuk pergelaran pameran dan pentas seni,” kata Alfian

Akan hal ini pun, Kadis Diknaspora kotamobagu Rukmini Simbala mengatakan, bahwa pihaknya belum menerima laporan terkait hal itu, namun hal ini membutuhkan

konfrimasi dari penanggungjawab sekolah. Untuk ditindak lanjuti. “Kami belum tahu apa masalahnya, namun jika seperti ini, kita akan temui pihak sekolah,” katanya.(try26)

hukuman sesuai tuntutan,” ucap Larape. Usai mendengar tuntutan JPU, sidang kemudian ditutup oleh majelis hakim dengan mengagendakan sidang pembelaan (pledoi) pada Selasa, (3/6) kemarin. Diketahui, dalam sidang

perdana Caleg terpilih dari PAN Bolmut ini, JPU mendakwanya dengan pasal 298 jo pasal 64 UU Nomor 8/2012 tentang Pemilu, dengan ancaman pidana penjara paling lama 6 tahun dan denda 72 juta.(try26)

Hadapi ... Dari Halaman 11 Wali ... Dari Halaman 11

Pedomani setiap ketentuan, aturan dan regulasi pelaksanaan pemilu, Pahami wewenang dan tanggungjawab tugas masingmasing sehingga ada keterjelasan siapa bertanggungjawab apa, Cegah dan tiadakan berbagai pelanggaran Pemilu, Cegah bentuk kekerasan bagi konsestan Pemilu khususnya onkum propokatif dan yang dapat menyulut emosi dan menjaga akuntabilitas dan transparansi pada tingkat penyelenggara pemilu. “Hal ini guna menunjang suksesnya pelaksaan Pilpres di Indonesia, pada tahun ini,” ujar DP yang mengutip sambutan Presiden.(try26)

Padahal menurut Deni bahwa sudah sangat jelas pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Republik Indonesia (RI), yang menjelasakan tentang

Hadapi ... Dari Halaman 11

Layanan ... Dari Halaman 11

Selaih hal tersebut, kata Damopolii, SBY meminta kepada pihak TNI-Polri, dapat memberikan pelayanan jaminan keamanan dan stabilitas pelaksanaan pilres hingga kesiapan dari penyelenggara pemilu itu sendiri, yakni KPU dan Panwas sebagai pelaksana teknis pilres. “Pengawasan dari masyarakat serta dukungan dari semua pihak sangat penting, agar terselenggaranya rotasi dan seleksi kepemimpinan nasional yang demokratis dan berkualitas serta taat terhadap aturan perudangan yang berlaku,” kata Damopolii.(try25)

Karena kejadian gangguan telekomonikasi ini, hanya sering terjadi diwilayah Boltim. “Gangguan jaringan ini paling banyak terjadi di Boltim, sehingga diminta kepada pihak Telkomsel, kerusakan yang ada harap segara diperbaki,” tegasnya. Hal yang sama juga dika-

larangan pungutan biaya pendidikan pada Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). “Ini kan sudah bertentangan dengan Peraturan pemerintah,” ujarnya.

takan oleh sejumlah Wartawan biro Boltim, mereka juga mengaku kecewa dengan pihak PT Telkom. Pasalnya saat melakukan pengiriman berita, sangat sulit dilakukan. “Akibat jaringan ngadat, pengiriman berita jadi terhambat,” ujar salah satu wartawan Boltim, Mudrik Mamonto.(try25)

Oknum ... Dari Halaman 11 Sumarni Larape SH selaku JPU dalam tuntutan yang dibacakannya mengatakan, bahwa terdakwa terbukti melakukan tindakan melawan hukum sebagaimana ketentuan pasal 298 Undang-Undang nomor 8 tahun 2012 tentang Pemilu

DPR, DPRD, DPD. “Dengannya JPU menuntut terdakwa 6 bulan pidana penjara, denda 20 juta, subsider 1 bulan kurungan. JPU berharap agar majelis hakim dapat mengabulkan amar tuntutan, dengan menjatuhkan vonis


MINAESA TOMOHON AGENDA

Walikota hadiri Rakornas Pilpres RAPAT Koordinasi Nasional (Rakornas) dalam rangka Pemilihan Presiden dan wakil presiden tahun 2014 yang digelar Kementerian Dalam Negeri ini dilakukan untuk melakukan sinergitas antara pemangku kepentingan Pemilu, serta memperkuat koordinasi dan pemantapan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden. Seperti yang disampaikan Mendagri saat laporan pada pelaksanaan Rakornas tahun ini. Yang dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, sekaligus memberikan arahan dengan mengajak mari kita samasama memastikan pemilihan presiden berjalan aman. Acara pembukaan rakor ini dimulai pukul 10.00 WIB, Selasa (3/6) kemarin, dan dilaksanakan di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, juga dihadiri Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak bersama Kaban Kesbang Drs Wendy Karwur MAP dan FKPD Kota Tomohon. Baca: Walikota (Halaman 14)

MITRA

MINAHASA, TOMOHON, MINUT, MINSEL, MITRA BITUNG

SMAN 1 Tombatu diduga tarik biaya penamatan Rp300 ribu Woran: Sudah ada kesepakatan bersama panitia serta orang tua siswa, dan itu tidak wajib Ratahan—Biaya penamatan sebesar Rp300 ribu, yang diduga harus dibayarkan siswa kelas 12 kepada pihak SMAN 1 Tombatu, menuai keluhan dari orang tua siswa, yang merasa terbeban dengan biaya sebesar itu. Akan hal ini, ketika dikonfirmasi kepada Kepala Sekolah (Kepsek) SMAN 1 Tombatu Hengky Woran

SPd, mengatakan biaya tersebut adalah kesepakatan bersama panitia sekolah dengan orang tua siswa. Namun, yang menariknya, Woran mengungkapkan, terkait besaran biaya itu, sempat terjadi tarik menarik, dan olehnya meluruskan bahwa itu tidak wajib harus dibayar. “Dari jumlah tersebut, antara lain untuk membayar foto,

selempang, dan sudah termasuk partisipasi. Namun itu tidak wajib, jika ada yang tidak akan bayar, tidak jadi masalah,” ungkap Woran kepada sejumlah wartawan, melalui telepon selularnya, Selasa (3/6) kemarin. Sebelumnya, menurut informasi yang ada, pungutan seperti ini terjadi disetiap kelulusan, sejak

beberapa tahun belakangan. Dan ini disinyalir merupakan bentuk pungutan liar (Pungli). “Yang kami tahu, program pemerintah ada pendidikan gratis. Karena sudah ada anggaran seperti dana BOS dan lain-lain. Kenapa harus ada pungutan lagi,” tandas sumber. Baca: SMAN (Halaman 14)

RABU 4 JUNI 2014

13

PILPRES

Sumendap Ketua Tim Pemenangan Jokowi-JK Mitra Ratahan—Melalui rapat pengurus DPC PDIP Mitra, yang juga dihadiri oleh Ketua Bapilu PDIP Ronald Kandoli, serta pengurus (KSB) Partai Koalisi Partai Nasdem, PKB, Hanura, dan PKPI se tingkat DPC Mitra, James Sumendap SH, yang adalah Bupati Mitra, ditetapkan sebagai Ketua Tim Pemenangan JokowiJK. Kandoli sendiri, yang juga adalah Wakil Bupati Mitra, ditetapkan sebagai Wakil Ketua tim pemenangan. Hal ini disampaikan Sekretaris pemenangan Jokowi-JK, Tavif Watuseke. “James

Sumendap layak untuk menjadi ketua tim,” ujarnya, usai rapat belum lama ini. Lebih lanjut, Watuseke mengatakan, pihaknya sangat yakin dengan dibentuknya tim pemenangan Jokowi-JK, dan diketuai oleh James Sumendap, pasti pasangan low profile ini akan meraih suara singnifikan pada Pilpres nanti. “Kami sangat yakin pasangan Jokowi-JK akan menang di Mitra, dan tim pemenangan akan all out untuk memenangkan pertarungan ini,” tandasnya, sembari menambahkan, semua mesin partai koalisi akan difungsikan.(esel)

REKLAMASI PANTAI

Man Toyo: Ini harus Kejari Airmadidi kejar keberadaan VP & PM ditertibkan KASUS LAPANGAN BOLA

PENAS KTNA XIV

Sejumlah peserta dari Mitra diduga bukan pengurus PESERTA Pekan Nasional (Penas) Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Mitra, yang akan mengikuti kegiatan Nasional di Kabupaten Malang Jawa Timur, diduga ada yang bukan pengurus. Menurut informasi ada sejumlah orang yang masuk tim KTNA Mitra, yang akan berangkat, namun mereka bukan pengurus atau tidak termasuk pengurus KTNA, baik di tingkat Kecamatan maupun Kabupaten. Hal ini turut dibenarkan Ketua LSM Gerakan Masyarakat Membangun (GEMMA) Mitra. “Memang informasi yang masuk kepada kami seperti itu, ada yang bukan pengurus, turut serta dalam keberangkatan tersebut. Tentunya ini sangat disayangkan, jika ada yang tidak berkecimpung di KTNA kemudian ikut berangkat, dan hanya menjadikan kegiatan tersebut sebagai ajang plesir,” tandas Ngantung, kepada sejumlah wartawan, Selasa (3/6) kemarin. Baca: Sejumlah (Halaman 14)

SALAH satu pembangunan lapangan sepak bola yang berada di Desa Laikit Kecamatan Dimembe, yang sampai saat ini kasusnya terus diperdalam Kejari Airmadidi, melibatkan Ketua dan Bendahara KLSB.(foto: boyz/sk)

Airmadidi—Kasus penyimpangan dana pembangunan sarana olahraga, yakni tiga lapangan sepak bola, memasuki babak baru. Dimana Kejaksaan Negeri (Kejari) Airmadidi, tengah mengejar keberadaan Ketua Komite Lapangan Sepak Bola (KLSB) dan Bendahara. Hal ini dikatakan KajariAirmadidi Irvan Samosir SH, Selasa (3/6) kemarin. Dimana pihaknya tengah melacak keberadaan mereka saat ini. “Ada sejumlah keterangan yang kita akan minta dari keduanya, namun saat ini keberadaan mereka entah dimana,” tutur Samosir, yang menyebut inisial kedua orang tersebut VPdanPM,yangtaklainadalah sepasang suami isteri.

Baca: Kejari (Halaman 14)

IVEN INTERNASIONAL

PEMKOT DAN DEKOT SERIUSI PEKUBURAN MASYARAKAT

Pelaksanaan TIFF bergema di PIN Padang Tomohon—Tomohon International Flower Festival (TIFF) yang nantinya akan dilaksanakan di Kota Tomohon pada tanggal 8 hingga 12 Agustus 2014, merupakan iven Internasional 2 tahunan yang dilaksanakan pemerintah Kota Tomohon. Kegiatan multi guna ini merupakan proses pemberdayaan masyarakat dari berbagai lini, yaitu dalam bidang pertanian, pariwisata, perdagangan, pendidikan dan perekonomian. Yang merupakan suatu pengikat erat guna mening-

katkan kesejahteraan masyarakat. Dengan semakin dekatnya pelaksanaan TIFF tentu kegiatan promosi untuk pelaksanaan iven ini terus bergema. Seiring pelaksanaan Pekan Informasi Nasional (PIN) 2014 di Padang yang dibuka Menteri Kominfo Tifatul Sembiring, TIFF 2014 juga bergema di lokasi Bimbingan Teknis Bakohumas di Hotel Grand Inna Muara Padang, yang dilaksanakan sebagai rangkaian kegiatan PIN 2014.

To n d a n o — Wi l a y a h pesisir pantai di Kecamatan Tombariri saat ini sudah banyak yang direklamasi. Hal ini dilakukan untuk kepentingan pembangunan, diantaranya pembangunan dermaga, dan ini berdampak pada rusaknya ekosistem laut, seperti terumbu karang dan tanaman bakau. Salah satu warga masyarakat Tombariri Raymon menuturkan, awalnya pembangunan dermaga atau pelabuhan yang ada di wilayah pantai Tombariri tepatnya di Desa Tambala hanya kecil, namun saat ini sudah lebih meluas lagi. “Sudah melebarnya areal pelabuhan dermaga tersebut memungkinkan pengaruh terhadap tumbuhan pantai. Selain itu juga pemerintah seharusnya selalu mengontrol jangan sampai izin yang diberikan disalahgunakan,” ujarnya. Sementara itu, personil Dekab Minahasa Ir Man Toyo Rambitan, menanggapi soal ini mengatakan, kalau reklamasi pantai itu sah-sah saja, asal ada izin. Tapi pemerintah juga harusnya dapat melihat sejauh mana pentingnya

akan pelestarian lingkungan hidup. “Memang saya pernah mendengar di lokasi tersebut pernah ada sidak yang di lakukan oleh Pemkab Minahasa, bahkan telah diperingatkan, agar aktifitas mereka harus berdasarkan izinnya yang dikeluarkan,” kata Rambitan. Lanjut dikatakannya, Sulut baru-baru ini telah digelar World Coral Reef Confrence (WCRC) yang dihadiri oleh sejumlah negara besar, yang membicarakan pelestarian terumbu karang, serta tumbuhan laut lainnya. Hal ini dikaitkan dengan apa yan terjadi sekitar pantai yang ada di wilayah Tombariri, semestinya Pemkab Minahasa bersama-sama menjaga serta menunjang akan program berskala Internasional. “Jangan membiarkan pengusaha dengan seenaknya membangun usaha mereka dengan menutupi pinggiran pantai yang ada di Tombariri, atas dasar izin pemerintah, karena hal ini akan mempengaruhi kita semua, sebab selain merusak lingkungan laut, juga akan berdampak pada punahnya tumbuhan laut,” tandasnya.(try33)

SOSIALISASI LKM

Dibuka langsung Wabup Ivansa

Baca: Pelaksanaan (Halaman 14)

PENERTIBAN PEDAGANG

Bitung—Baru pertama kalinya di kota Bitung pemerintah menyeriusi persoalan tanah pekuburan yang rencananya akan dimiliki oleh pemkot Bitung. Hal tersebut tertuang dalam uji publik ranperda tentang lahan pekuburan umum milik dari pemerintah yang dilaksanakan pada Senin (2/6) kemarin dengan dihadiri oleh kedelapan Camat se kota Bitung, para Lurah dan tokohtokoh masyarakat. Terungkap dalam pertemuan itu kalau pemerintah merencanakan pembelian lahan pekuburan di 8 kecamatan namun mengingat dana akhirnya pemerintah hanya sanggup mengusahakan 2 lokasi pekuburan umum. “Rencananya untuk lahan kami akan beli di Kecamatan Ranowulu dan Kecamatan Aertembaga,” kata Kepala dinas Tataruang kota Bitung Steven Tuwaidan.Diapun menuturkan kalau rencananya tempat pekuburan umum ini akan dipergunakan oleh semua warga kota Bitung. “Lahan pekuburan ini diperuntukan bagai

semua orang bitung yang meninggal,” kata Tuwaidan seraya menyebutkan peruntukannya bukan hanya untuk orang sekitar lokasi pekuburan tapi semua warga mulai dari pulau lembeh sampai Batuputih. Sementara itu pihak Dekot Bitung yang dipimpin oleh Harto Kahiking dengan anggota Boy Gumolung, Herman Gandaria dan Lukman Djafar dari panitia khusus 2 meminta agar pemerintah juga harus menyiapkan fasilitas penunjang untuk lahan tersebut. “Jangan hanya lahan yang dibeli sementara fasilitasnya tidak ada, sehingga warga hanya menguburkan sembarangan saja tanpa di tata,” kata Kahiking. Pun demikain dengan Boy Gumolung yang meminta agar Pemkot Bitung meniru lahan pekuburan yang ada di Australia. “Lahan pekuburan yang ada di luar sangat tertata dengan baik dan pengelolaan profesional sehingga warga masyarakat merasa puas atas pengelolaan TPU,” jelas Gumolung.(adv)

Warga Pasar Pinasungkulan bakar ban Bitung—Warga Pasar Pinasungkulan Sagerat Kecamatan Matuari, kembali melakukan aksinya dengan membakar ban bekas di pasar tersebut, hanya karena Pemkot Bitung dinilai tidak konsisten dengan keputusan yang telah diambil di Dekot Bitung beberapa waktu lalu, dengan apa yang menjadi rekomendasi terhadap aksi warga Pasar Pinasungkulan. “Ini sudah menjadi kesepakatan untuk menertibkan pedagang yang berjualan di dua lokasi pasar berbeda, yakni Pasar Pinasungkulan Sagerat dan Pasar Girian, tapi rupanya penertiban pada selasa kemarin hanya mengatur lajur jalan di pasar,” kata Koordinator warga pasar Vence Barauntu, Selasa (3/6) kemarin. Menurutnya, selama ini pedagang Pasar Pinasungkulan Sagerat terus dikhianati oleh Pemkot, semenjak direlokasi dari Pasar Girian. Seperti janji penertiban yang digelar Pemkot hari ini tak sesuai dengan apa yang telah

disepakati dalam beberapakali pertemuan. “Katanya pedagang berjualan dua kaki akan ditertibkan tapi kenyataannya Pemkot hanya menertibkan pedagang yang berjualan di bahu jalan di Pasar Girian,” katanya. Sementara pemkot Bitung melalui Asisten 1 Pemkot Bitung Fabian Kaloh, bermohon agar warga Pasar Pinasungkulan bersabar saja, sebab semuanya dalam tahapan perencanaan. “Memang penertiban kemarin yang kami lakukan untuk selain untuk memindahkan pedagang yang dulunya di Pasar Sagerat dan pindah ke Pasar Girian, namun pada kenyataanya hal tersebut belumlah urgent dibanding dengan pembersihan jalan dari pedagang, sehingga kami mengambil keputusan tersebut, tapi nantinya pedagang yang berjualan di dua tempat tersebut akan kami tertibkan dalam waktu dekat,” kata Kaloh. Baca: Warga (Halaman 14)

WABUP bersama nara sumber, saat sosialisasi LKM.(foto:ist)

Tondano—Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang, Selasa (3/6) kemarin, membuka secara langsung sosialisasi Lembaga Keuangan Mikro (LKM), yang dilaksanakan di ruang sidang Pemkab Minahasa. Dalam sambutan yang di sampaikan Wabup Ivansa, untuk sosialisasi LKM ini sangatlah penting, karena dalam rangka peningkatan taraf hidup orang banyak dan demi untuk kesejahteraan masyarakat yag ada di Minahasa. “Kegiatan sosialisasi LKM ini atas kerja sama dengan bagian perekonomian Sekdakab Minahasa guna mendapatkan kemudahan melalui perkreditan bagi usaha kecil. Saya berharap apa yang didapat dalam kegiatan ini bisa bermanfaat bagi kita semua, apalagi menyangkut masyarakat, tentu peran serta kita

serta pejabat yang ada sangat dibutuhkan,” terang Ivansa. Lanjut ditambahkan Ivansa, rendahnya akses usaha kecil terhadap bank dikarenakan sistim kredit perbankan diselenggarakan atas pertimbangan komersial, hal ini menyebabkan usaha kecil sulit memenuhi persyaratan teknis perbankan, terutama soal jaminan serta persyaratan administrasi,” Masalah ini tentunya harus ada peran IKM di tengah-tengah masyarakat sangatlah penting, mengingat untuk memudahkan akses kredit,” kata Ivansa, seraya menjelaskan pemerintah tetap akan melakukan pengawasan, agar perkembangan perekonomian rakyat ini berjalan secara profesional dan membantu masyarakat. Baca: Dibuka (Halaman 14)


MINAESA SMAN ... Dari Halaman 13 Mereka juga yakin hal ini tak sepenuhnya menjadi keinginan pihak sekolah, akan tetapi juga dari pihak Dikpora. “Juga kami minta agar kinerja Kepsek dievaluasi. Karena yang bersangkutan sepenuhnya harus bertanggungjawab dengan adanya pungutan-pungutan kepada siswa yang sudah diluar aturan dan kewajaran. Sebaiknya Kepsek SMAN 1 Tombatu diganti, karena yang bersangkutan tidak menjalankan program pemerintah, dalam hal ini bupati dan wakil bupati,” tegas sumber. Sementara itu, Kadis Dikpora Mitra Drs Robby Ngongoloy, ketika akan dikonfirmasi akan hal tersebut, sedang tidak berada di kantornya, karena sedang tugas luar daerah.(esel)

MINAHASA, TOMOHON, MINUT, MINSEL, MITRA BITUNG

Kasus ini akan dilimpahkan ke aparat hukum untuk penanganannya

Ditambahkannya, kalau cara persuasif seperti inilah yang dipakai pihaknya. “Cara persuasif seperti ini yang kami pakai, meniru apa yang dilakukan oleh Jokowi, ketika memindahkan pasar Surakarta,” katanya. Dijelaskannya lagi, pihaknya tentu akan tetap konsisten dengan keputusannya, namun masih ada skala prioritas demi kepentingan umum. “Kalau Jokowi bisa sebanyak 70 kali kami siap meski harus 80 kali,” kata suami dari Greity Mandey, yang kini digadang oleh PKPI untuk menjadi Ketua Dekot Bitung periode 5 tahun ke depan nantinya ini.(wepe)

Dibuka ... Dari Halaman 13

Walikota ... Dari Halaman 13 Pada kesempatan tersebut, Walikota mengatakan bahwa keikutsertaan pada Rakornas ini sangat penting guna mensinergikan sekaligus mensukseskan pelaksanaan pemilu presiden dan wakil presiden 9 Juli nanti. Walikota pun sangat mengharapkan peran serta seluruh komponen masyarakat terutama para wajib pilih untuk menyalurkan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani, sekaligus mengajak seluruh masyarakat Kota Tomohon untuk terus menjaga keamanan dan ketertiban umum, dalam hidup bermasyarakat. “Karena itu menjadi tanggungjawab Pemerintah, dan masyarakat untuk memberi dukungan dan mensinergikan semua potensi yang ada bagi suksesnya agenda nasional ini,” katanya. Acara ini dihadiri Ketua KPU Husni Kamil Malik, Ketua Bawaslu Muhammad, Panglima TNI Jenderal Moeldoko, Kapolri Jenderal Sutaran, Jaksa Agung Basrief Arief, Kepala BIN Marciano Norman, Menko Polhukam Djoko Suyanto. Kegiatan ini juga diikuti sekitar 4000 orang yang terdiri atas Gubernur, Bupati/Walikota, perwakilan KPU dan Bawaslu daerah, para Kepala Kejaksaan Negeri, Danrem, dan Kapolres dari 34 provinsi. Sejumlah Pejabat tinggi Negara dan pimpinan lembaga yang diundang bersama-sama dengan para ketua umum partai politik.(gebe)

Sejumlah ... Dari Halaman 13 Sementara itu, Kepala BP4K Drs Nasarudin Manoso, ketika dikonfirmasi menampik hal itu. Namun, menariknya Manoso mengakui kalau memang benar ada yang dari luar pengurus KTNA Mitra, yang akan ikut dengan biaya sendiri. “Tidak benar ada peserta yang bukan pengurus akan mengikuti Penas KTNA di Malang. Memang ada diluar pengurus, namun menggunakan dana sendiri,” ungkapnya.(esel)

WAKIL Walikota dan Ibu saat merespon laporan jika ada orang Bitung yang dijadikan korban penjualan manusia.(foto:ist)

Bitung—Penanganan kasus trafficking oleh Pemkot Bitung bisa dibilang mumpuni. Hal ini terlihat jelas ketika Wakil Walikota Bitung Max J Lomban mengagalkan upaya penyelundupan anak dibawah umur dari Kota Bitung, yang menimpa masing-masing berinisial MP (15) dan AG (16). Dalam pengakuan korban, mereka tinggal di Kota Bitung, sehingga pada Jumat (30/5) lalu dan pada hari Minggu (1/6) lalu, korban akhirnya dipulangkan ke Manado,

yang difasilitasi oleh direktur salah satu media di Sulut. Mendengar adanya informasi tersebut, Wakil Walikota Bitung MJ Lomban didampingi Isteri Ny Khouny LombanRawung, langsung bergegas menjemput kedua korban di bandara Sam Ratulangi Manado, guna membantu memberikan perhatian kepada kedua remaja tersebut. “Sebenarnya kami ada jadwal Ibadah Gereja, namun mendengar informasi ini maka

dibatalkan, sebab membantu menolong terhadap sesama merupakan bagian dari ibadah juga,” kata Lomban. Pihak memerintah yang diwakili Wakil Walikota berterimakasih kepada masyarakat yang mempunyai kepedulian seperti ini, sehingga mampu mengagalkan upaya penyelundupan anak dibawah umur. “Hal seperti inilah yang harus kita ketahui bersama guna melindungi anak-anak dibawah umur dari penjualan orang,” kata Lomban. Dikatakannya lagi, kalau hal ini juga menjadi tanggujawab pihaknya selaku pemerintah. “Dan permasalahan ini akan kami limpahkan kepihak Kepolisian untuk ditindaklanjuti dan selanjutnya dapat dikembalikan kepada orang tua mereka,” ujar Lomban. Kedua ABG berstatus putus sekolah tersebut dalam pengakuannya diajak lelaki Amad untuk ke bekerja di rumah makan perusahan tambang di Jayapura, namun tidak diketahui nyasar di Jakarta.(wepe)

BUPATI Minut Sompie Singal, saat menghadiri Rakornas Pilpres 2014, di Kota Bogor.(foto: ist)

PEMANTAPAN PILPRES

AKREDITASI

Sekkot Bitung belajar ke RSPAD Singal hadiri Rakornas di Bogor Bitung—Sekertaris daerah Kota (Sekkot) Bitung Drs Edison Humiang Msi, melakukan study komparasi pelaksanaan akreditasi di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, yang diterima langsung oleh Kepala RSPAD Gatot Subroto Brigjen TNI dr Douglas Umboh MARS, Senin (2/6) lalu. Menurut Humiang RSPAD Gatot Subroto merupakan salah satu Rumah Sakit yang telah memiliki standar Internasional, yang dapat HUMIANG study komparasi pelaksanaan akreditasi di RSPAD Gatot Subroto.(foto:ist)

dilihat persoalan pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, anti diskriminasi, efektif dan berorientasi pada kepentingan pasien dan sesuai dengan standar pelayanan Rumah Sakit. “Itulah yang menjadi dasar mengapa RSPAD Gatot Subroto menjadi tempat yang tepat untuk studi banding kali ini,” jelas Humiang. RSPAD Gatot Subroto beberapa waktu lalu, juga dijadikan tempat untuk dilakukan serangkaian pemeriksaan kesehatan bagi

semua pasangan capres dan cawapres dengan pelayanan yang sama dan sesuai dengan standar prosedur yang berlaku tanpa ada perbedaan. “Prosedur pelayanan kepada calon presiden saat pemeriksaan lalu sama dengan pelayanan kepada masyarakat,” kata Humiang, yang menirukan penyataan dari Kepala RSPAD. Diapun menuturkan kalau seharusnya pelayanan di RSUD Bitung sama juga dengan pelayanan di RS ini.(wepe)

Kejari ... Dari Halaman 13

DINAS Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Minahasa Utara terus menggenjot upaya peningkatan realisasi Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan Sektor Pedesaan dan Perkotaan (PBBP2) Kabupaten Minahasa Utara tahun 2014. Hal ini dibenarkan Kadispenda Minut Theresia Sompie SH yang didampingi Sekretaris Drs Robby Makadau MSi dan Kabid Pajak Octavianus R Tooy SE. “Kami akan terus memaksimalkan kemampuan yang ada untuk

14

Lomban jemput warga Bitung korban trafficking

Warga ... Dari Halaman 13

Hadir dalam kegiatan tersebut dan juga sebagai narasumber dari Otoritas Jasa Keuangan Suparlan SH MH dan dari Kantor Wilayah BRI, Kabag Mikro Kanwil Manado Ir Toberiharto MM, para SKPD Pemkab Minahasa dan para pengurus koperasi yang ada di Minahasa.(try33)

RABU 4 JUNI 2014

meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pajak. Karena masih ada banyak PBB baru yang akan kita dapat, sehingga perlu dimaksimalkan. Ini yang sedang kita lakukan,” ujar Sompie. Dijelaskan Sompie, Minut memiliki sekitar 20-an ribu PBB baru. Salah satunya dengan hadirnya banyak perumahan yang belum digarap PBB. Dan komitmen ini sejalan dengan Bupati Drs Sompie Singal MBA dan Wakil Bupati Drs Yulisa Baramuli SH yang tidak henti-hentinya mendorong peningkatan pendapatan daerah dari sektor pajak. “Mengingat pengelolaan pajak mulai tahun 2014 ini menjadi kewenangan daerah, maka diharapkan para wajib pajak untuk dapat memenuhi kewajibannya untuk membayar pajak tepat pada waktunya,” tutur Sompie.(*)

Ditambahkan Samosir, keduanya memegang peranan penting dalam penetapan pembangunan lapangan sepakbola tersebut. Sehingga masih dibutuhkan keterangan, untuk melengkapi hasil pemeriksaan selama ini. “Saya berharap keduanya bisa bekerjasama, dan secepatnya memenuhi panggilan pihak Kejari Airmadidi,” tegas Samosir. Kasus penyelewengan dana pembangunan tiga lapangan sepak bola ini, berbandrol Rp900 juta, dengan tiga lokasi yang bebeda, yakni Kecamatan a

t

t

Wori, Kauditan, dan Dimembe, masing-masing Rp300 juta. Dari pemeriksaan Kejari Airmadidi, ditemukan penyimpangan Rp150 juta. “Itu sesuai dengan pemeriksaan tim ahli yang didatangkan dari Unsrat, dimana ditemukan antara anggaran dan hasilnya yang tidak signifikan,” terang Samosir. Sesuai info, untuk mempercepat menyelesaikan kasus tersebut, sejumlah Hukum tua (Kumtua) seperti Kumtua Desa Kaima, Laikit, dan Wori, telah diperiksa untuk dimintai keterangan.(eres)

Airmadidi—Bupati Minut Drs Sompie Singal MBA, bersama dengan kepala daerah kabupaten/kota lainnya, Selasa (3/6) kemarin, menghadiri Rapat koordinasi nasional (Rakornas) pemantapan pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) untuk tahun 2014, yang diadakan di Sentul Internasional Convetion Center Bogor. Bupati Minut Drs Sompie Singal, saat dikonfirmasi melalui Kepala Bagian (Kabag) Hubungan masyarakat (Humas) Pemkab Minut

Drs Sem Tirayoh mengatakan, pertemuan yang dihadiri Bupati Minut, bertujuan untuk menyamakan berbagai persepsi jelang Pilpres, yang sudah tidak lama lagi dilaksanakan. “Ini untuk memperkuat dan memantapkan semua fungsi koordinasi, khususnya bagi sejumlah kepala daerah dan institusi terkait, sehingga nantinya pada saat pelaksanaan Pilpres, pelaksanaannya aman dan sukses, hingga terpilihnya presiden untuk masa kepemimpinan 2014 hingga 2019 kedepan,” tutur Tirayoh. Ditambahkan Tirayoh,

kegiatan tersebut dihadiri langsung Presiden Republik Indonesia (RI) Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY), sekaligus membuka Rakornas pemantapan Pilpres tersebut. “Bupati Minut sangat berharap, seluruh jajaran pemerintah yang ada di Kabupaten Minut, untuk bersamasama menyukseskan Pilpres. Begitupun untuk masyarakat, agar turut mendukung dan bersama menjaga keamanan dengan aparat, hingga Pilpres sukses seperti yang kita harapkan,” terang Tirayoh.(eres)

KRIMINAL

Warga Eris tewas ditikam Tondano—Lelaki Stenly Kawengian (46) Warga Desa Eris Jaga VI Kecamatan Eris, Minggu (1/6) malam, sekitar pukul 23.15 Wita, tewas ditikam pemuda sekampungnya KS alias King (28) Warga Desa Eris Jaga IV Kecamatan Eris, disaat pesta syukuran Baptisan. Sesuai keterangan pelaku kepada pihak penyidik Polres Minahasa, setelah ditangkap pada Minggu (1/ 6) malam, menurutnya dia bersama sejumlah warga pergi mengikuti acara syukuran baptisan di rumah bapak Leli, yang tinggal Desa Eris Kecamatan Eris. Pelaku saat itu telah menengguk minuman keras disaat pesta syukuran tersebut, saat itu dirinya telah melihat Stenly (korban), yang duduk di dalam rumah, namun agak

berjauhan dengan dirinya. Tak berselang lama tibatiba terjadi keributan, spontan saja pelaku langsung keluar dan mengambil pisau badiknya yang sengaja disimpan pada pot bunga depan rumah, tempat dimana acara berlangsung, kemudian menancapkan kepada korban dengan membabi buta tanpa tahu duduk persoalan. Dari keterangan yang dikatakannya dihadapan polisi juga, bahwa dirinya telah diberitahukan teman sekampungnya, disaat telah melerai pertikaian tersebut dan mengantar pelaku pulang sembari berkata kalau dirinya telah menikam korban Stenly. Diakuinya juga kejadian tersebut dirinya telah dipengaruhi oleh Miras bahkan dirinya bersama

korban tidak ada permasalahan,” ungkapnya. Sementara itu korban Stenly saat itu juga langsung dibawa lari ke rumah sakit Bethesda Tomohon, namun sayang nasibnya sudah tak tertolong lagi, dikarenakan beberapa luka tusukan didada. Kapolres Minahasa AKBP Henny Posumah, ketika dikonfirmasi melalui Kapolsek Eris AKP Dolfie Rengkuan, membenarkan dengan adanya kejadian tersebut. Malam itu juga petugas jaga Polres Minahasa langsung mengamankan pelaku, setelah mndapatkan laporan dari warga. “Pelaku saat ini telah diamankan Polres Minahasa, untuk pemeriksaan lebih lanjut,” jelas Rengkuan.(try33)

Pelaksanaan ... Dari Halaman 13 Yang menghadirkan seluruh pejabat humas di Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah. “Untuk Kota Tomohon diikuti oleh Kasubab Humas Djufry Rorong SSos yang merangkap Plh Kasubag Tata Usaha Pimpinan Setda Kota Tomohon yang menginformasikan pelaksanaan TIFF 2014 saat

berdialog dengan para pemateri Bimtek dan peserta lainnya yang adalah pejabat humasnya pemerintah seluruh Indonesia,” ujar Kabag Humas Pemkot Tomohon, Steven Waworuntu STTP. Selanjutnya, rangkaian kegiatan dalam TIFF 2014 diantaranya Tournament of Flower yaitu pawai kendaraan hias

bertaraf internasional, Kontes Ratu Bunga 7-10 Agustus, Pameran Bunga 8-12 Agustus dan Pagelaran Seni Budaya Nusantara 812 Agustus dengan kegiatan lainnya yaitu Pameran Foto 8-12 Agustus, Exsebisi layang-layang 8 Agustus dan Festival Kuliner 8-12 Agustus 2014.(gebe)


NUSA UTARA Korban pencabulan dari warga Filipina meninggal SANGIHE, SITARO, TALAUD

RABU 4 JUNI 2014

15

TRANSAKSI PEMBAYARAN

PNS keluhkan minimnya fasilitas ATM

PEMERINTAH Kabupaten Kepulauan Talaud guna memudahkan penyaluran hak PNS melakukan kerjasama dengan Bank Rakyat Indonesia dan Bank Sulut guna penyaluran gaji seluruh PNS. Kerjasama ini disambut baik oleh seluruh PNS, namun mereka mengharapkan pihak Bank juga harus mempersiapkan fasilitas yang menunjang seperti mesin ATM. “Bayangkan nasib PNS yang ada di Pulau Nanusa atau Mangaran. Bank saja tidak ada disana apalagi mesin ATM. Bagaimana mereka harus mengambil gaji mereka,” tutur Jusmiati Silangen salah satu PNS di Melonguane. Sebagian PNS juga mempertanyakan kebijakan pihak Bank yang menerapkan sistem penarikan dibawah Rp5 juta dilakukan melalui ATM, sementara tarif melakukan transaksi di ATM ditarik biaya sebesar Rp5 ribu. “PNS di Talaud ada kurang lebih Rp5 ribuan. Setiap bulannya pihak Bank mendapatkan keuntungan hampir Rp25 jutaan. Ini yang harus dijelaskan,” ujar Silangen. Sementara PNS lainnya yang enggan disebutkan namanya meminta Pemkab harus terbuka demikian juga dengan pihak Bank. “Bank harus bertanggung jawab, paling tidak untuk menyiapkan mesin ATM di Pulau Mangaran dan Nanusa juga Miangas,” tutur sumber. Hal ini dimaksudkan agar tujuan Pemkab Kepulauan Talaud yang ingin memudahkan PNS mengambil haknya yakni berupa gaji mereka bisa terlaksana dengan baik. “Pihak Bank harus bertanggung jawab untuk menyediakan fasilitas yang memudahkan PNS mengambil apa yang menjadi haknya. Jangan sampai PNS dari Mangaran, Nanusa apalagi Miangas masih saja tetap harus ke Melonguane untuk mengurus gaji mereka,” tukasnya. Menurut Rikter Taengetan, pihak Bank harus segera melakukan pembenahan termasuk menambah mesin ATM-nya. “Untuk Melonguane saja hanya ada 3-4 mesin ATM dan tidak semua beroperasi normal. Bank harus menambah mesin ATM dan meningkatkan layanan mesin ATM-nya itu yang utama guna mwnunjang kerja samanya dengan Pemkab Kepulauan Talaud,” ujar Taengetan.(try27)

PEMERIKSAAN BPK Sedu: Semua aman-aman saja SELASA (3/6) pagi kemarin, tim dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Sulawesi Utara sambangi RSUD Mala. Tampak tim BPK begitu serius dan intensif melakukan tugasnya di satu - satunya Rumah Sakit yang ada di Kabupaten Kepulauan Talaud ini. Satu persatu fasilitas maupun fisik bangunan yang dibiayai Anggaran tahun 2013 dikuliti BPK. Tim pemeriksa yang sudah hampir dua bulan bertugas di Talaud ini memeriksa seluruh fasilitas yang ada. Stianila Sedu selaku direktur RSUD Mala yang ditemui usai pemeriksaan BPK menyatakan rasa puasnya dengan pemeriksaan yang dilakukan BPK. Sedu mengatakan dari seluruh fasilitas termasuk pengadaan alat kesehatan semuanya dalam keadaan baik. “Saya menilai hasil pemeriksaan BPK akan aman - aman saja,” ucap nya. Sedu meyakini RSUD Mala akan mendapatkan hasil penilaian yang positif karena dari semua pengadaan maupun pekerjaan yang dilakukan di RSUD Mala yang dibiayai dari APBD 2013 semuanya dalam kondisi yang baik dan aman. “Saya yakin dengan hasil penilaian BPK nantinya tidak akan mengecawakan,” lanjut Sedu. Namun sepertinya Sedu harus berpikir ulang soal keyakinannya tersebut. Sebagaimana yang pernah diberitakan lalu, kalangan LSM justru menilai ada banyak kejanggalan yang mestinya menjadi titik perhatian serius BPK. “Alat kesehatan, pengadaan obat - obatan dan layanan jaminan kesehatan masyarakat harus jadi fokus BPK. Karena disitu banyak yang tidak sesuai dengan penganggaran dan peruntukkannya,” jelas Markus Tuisan dari LP3 Talaud. Tuisan meminta agar BPK serius melakukan pemeriksaan tiga hal tersebut, sebab dari penelusuran LP3 ditemui banyak alat kesehatan yang tidak sesuai spesifikasi pengadaannya. “Jamkesmas juga saat ini sementara berproses di Polres Talaud,” lanjutnya. Hal senada disampaikan oleh Welkinton ‘Tito’ Tatoda salah satu aktivis di Talaud. “BPK jangan mempermainkan hak masyarakat Talaud untuk menerima hasil penilaian dan pemeriksaan yang betul - betul obyektif. Terbuka dan jujur sesuai dengan apa yang ditemukan, itulah yang seharusnya disampaikan oleh BPK,” tegas Tatoda. Ia meminta BPK secepatnya merilis hasil pemeriksaannya agar masyarakat Talaud tahu jelas pelaksanaan dan penggunaan anggaran tahun 2013 apakah sudah sesuai dengan peruntukkannya atau tidak. “Masyarakat perlu tahu kerja dan hasil kerja BPK. Jangan lagi ada yang disembunyikan termasuk temuan apapun di RSUD Mala yang sampai sekarang persoalan pertanggung jawaban jamkesmasnya belum jelas,” pungkas Tatoda.(try27)

Makagansa-Gaghana turut berduka citaa Pemkab akan atur keberadaan orang asing di Kabupaten Kepulauan Sangihe Tahuna—Masih ingat dengan kasus cabul menimpa korban sebut saja Gadis (10) yang menjadi pelampiasan kebejatan warga asing asal Filipina yang berinisial EA alias Gar, akhirnya menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Umum Liun Kendage, Selasa (3/6) kemarin, sekitar pukul 05.00 Wita. Dugaan sementara, korban meninggal karena infeksi pada alat kelaminnya akibat dimasukan benda tumpul sehingga mengalami pembengkakan.

Ukuran tidak sesuai, sopir angkut mengeluh Ulu Siau—Sejumlah sopir angkutan umum di Pulau Siau mengeluhkan penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) yang dilakukan pihak Agen Premium Minyak Solar (APMS) Siau yang dianggap tidak profesional dalam soal ukuran. “Sudah sekian kali kami mengalami kondisi seperti ini, dimana ukuran setiap galon yang dibeli tidak sesuai dengan yang dibayarkan. Bahkan sangat disayangkan, ini tidak mendapat perhatian pihak terkait,” keluh Geda Damping salah satu sopir angkot kepada Swara Kita, Selasa (3/6) kemarin. Dirinya mengungkapkan, kondisi tersebut sudah banyak kali terjadi sehingga menimbulkan keluhan dari sejumlah sopir. “Kami berharap ini mendapat perhatian pihak terkait, terutama yang melakukan tugas pengawasan BBM di lapangan. Karena ini sungguh tidak profesional,” ungkapnya. Sementara itu, sejumlah

Melonguane—Sikap optimistis Kepala Bagian (Kabag) Pembangunan, Jhon R Majampoh saat peluncuran Layanan Pengadaan Secara Elektronik di Kabupaten Kepulauan Talaud terbantahkan setelah munculnya keluhan pihak perusahaan peserta lelang yang tidak bisa memasukkan berkasnya karena ketidakmampuan layanan internet. Sebelumnya, dirinya mengungkapkan bahwa pihaknya siap menjalankan LPSE karena seluruh persiapan sudah dilaksanakan sejak setahun lalu. “Kami berkeyakinan pada saat diluncurkan nanti pada 2 April (waktu lalu,red), ULP Kabupaten Kepulauan Talaud siap mengoperasikan

TK PELITA KASIH menerima Siswa Baru 1. TK A (usia 4-5 tahun) 2. TK B (usia 5-6 tahun) 3. Taman Bermain Anak (usia 2-3 tahun) 4. TPA (min 1,5 tahun)

Menerima Siswa Baru Jurusan : 1. Teknologi Informasi Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan 2. Pariwisata Program Keahlian Perhotelan 3. Keperawatan (Terakreditasi B)

Menerima Mahasiswa Baru Jurusan : 1. Teknik Informatika (S1) 2. Sistem Komputer (S1) 3. Sistem Informasi (S1) Lulus Dengan Sarjana komputer Piilihan jurusan yang tidak akan pernah menganggur (Terakreditasi B)

Alamat: Jl. Sam Ratulangi 1 no. 3 850677 Manado

Pendaftaran : DiGedung STMIK PARNA RAYA Manado. Jl. Sam Ratulangi 1 no. 3 850677

AKPAR MANADO

SMK PELITA KASIH TUMPAAN AMURANG

STMIK SAMUDRA BITUNG

Menerima Mahasiswa Baru

Menerima Siswa Baru Jurusan: 1. Teknik Komputer Jaringan dan Multimedia 2. Keperawatan 3. Perhotelan 4. Seni Musik

Menerima Mahasiswa Baru jurusan: 1. Teknik Informatika (S1) 2. Sistem informatika (S1) (Terakreditasi)

Alamat: Jl. Trans Sulawesi Desa tumpaan 2 Kec. Tumpaan, Kab Minsel. Telp: (0430) 23077

Alamat: Jl. Piere Tendean Manembonembo Bitung telp: (0431) 36641

Alamat: Jl. Dicky oroh Kel. Lawangirung Di bealakang KFC jl. Sarapung Pusat Kota Manado Telp: (0431) 843326

sumber menyebutkan, dimana ukuran yang tidak sesuai sudah sering terjadi yang dilakukan secara sengaja agar meraup

keuntungan besar. “Ini sudah biasa terjadi agar meraup keuntungan. Jelas saja, itu akan ada keluhan dari konsumen dalam pemenuhan

kebutuhan BBM. Jadi, lebih jelas perlu ada keterbukaan soal ukuran,” ungkap salah satu sumber yang ingin namanya dirahasiakan.(esge)

Tanggapi keluhan peserta tender, ULP terpaksa berkantor di Manado

STMIK PARNA RAYA

Jurusan : PERHOTELAN (Telah Terakreditasi)

PEMERINTAH diminta bertindak tegas terhadap AMPS yang menyalahi aturan dalam penyaluran BBM.(foto: ist)

LAYANAN PENGADAAN

SMK PARNA RAYA MANADO

berdiri sejak 1989

menuntut warga Filipina harus dipulangkan dari Sangihe. Sebab mereka sudah melecehkan anak bangsa Indonesia,” tutur salah satu keluarga korban. Bahkan warga juga meminta pelaku dihukum seberat-beratnya. Sementara itu, tuntutan para pendemontrasi dari keluarga korban dan masyarakat di terima Pemkab melalui Asisten I dan II Setda Sangihe dan Kabag OPS Sangihe Kompol Prevli di aula Kantor Bupati. “Aspirasi masyarakat dan kejadian ini

BBM

YAYASAN PELITA KASIH

Alamat: Jl. Dicky Oroh, Kel. Lawangirung Di Belakang KFC, jl. Sarapung Pusat Kota Manado Telp: (0431) 843326

Meninggalnya korban, sontak membuat keluarga korban dan masyarakat Kelurahan Sawang Bendar marah dan menggelar aksi demontrasi, di Kantor Bupati dengan pengawalan pihak kepolisian. Puluhan demonstran menuntut kepada pemerintah kabupaten (Pemkab) untuk memulangkan warga Filipina yang ada di Kabupaten Kepulauan Sangihe karena sudah berbuat keji dengan mencabuli anak di bawah umur. “Kami

akan menjadi petunjuk bagi pemerintah untuk menindak tegas dan mengatur keberadaan orang asing di Kabupaten Kepulauan Sangihe,” tandas Asisten I Setda Drs IN Soumbonaung didamping Assisten II Setda BET Pilat. Dirinya juga mengatakan, Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe Drs HR Makagansa MSI, dan Wakil Bupati Jabes E Gaghana SE ME yang sekarang bertugas di luar daerah, turut berduka cita atas kejadian tidak manusiawai yang dialami korban. “Sebagaimana petunjuk Bupati dan Wabup menghimbau masyarakat agar tenang dan menyerahkan masalah ini ke pemerintah dan pihak aparat kepolisian. Bupati

Lulus dengan Sarjana Komputer

LPSE,” ujar Majampoh optimis kala itu. Namun kini, akibat jaringan internet yang sering mengalami gangguan bahkan tidak ada layanan internet sama sekali, Unit Layanan Pelelangan (ULP) akhirnya memilih untuk menjalankan operasionalnya di luar wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud yakni di Manado. Menurut Ely Tinuwo, seharusnya ULP menjalin kerja sama dengan penyelia jasa komunikasi agar kendala ataupun kejadian seperti sekarang ini dapat dihindari. “Akibat ketidak siapan jaringan pihak perusahaan harus mengeluarkan ekstra biaya ke Manado untuk melakukan pemasukkan

berkas secara elektronik,” ujar Tinuwo. Sementara itu, Rumeer Elungan menuturkan bahwa dirinya merasa sangat kesulitan dengan kondisi jaringan yang ada saat ini. “Jujur saya harus bolak-balik Melonguane dan Manado hanya untuk memasukkan berkas yang belum tentu juga perusahaan saya yang akan jadi pemenang,” tutur pria yang biasa disapa Kumee ini. Sementara itu, Kepala Bagian Humas Pemkab Kepulauan Talaud, Ony Maliatja menjelaskan sampai saat ini Pemkab melalui Bupati Constantine Ganggali terus mengupayakan perbaikan dan peningkatan kualitas jaringan internet di Talaud. “Pemkab

sampai saat ini sudah melakukan pembicaraan dengan pihak terkait untuk memperkuat kualitas jaringan yang ada,” jelas Maliatja. Namun dia tidak memungkiri dan memaklumi kesulitan yang dialami pihak perusahaan yang ingin ikut serta dalam proses lelang secara elektronik. Untuk itu Maliatja berharap upaya yang dilakukan Bupati bisa berhasil dan kedepannya ULP tidak lagi harus berpindah ke luar Manado untuk menjalankan Layanan Pengadaan Secara Elektronik. “Kita tunggu saja semoga hasil loby yang dilakukan Bupati secepatnya membawa hasil yang membawa kebaikan bagi kita semua,” pungkas Maliatja.(try27)

LHKPN

Inspektorat pastikan pejabat Sitaro pro aktif Ondong—Berhembusnya berbagai tudingan dan isu dimana masih kurang pro aktifnya pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sitaro dalam memasukkan Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN), langsung ditepis pemerintah daerah lewat Inspektorat Sitaro. Kepala Inspektorat Sitaro, Robert Kahiking SPd MM kepada sejumlah wartawan belum lama ini mengatakan, informasi adanya pengisian LHKPN tersebut tidak beralasan. Sebab selama ini, menurutnya, para pejabat sangat pro aktif setiap tahun memasukkan LHKPN. “Tidak benar apabila ada

informasi seperti itu, karena dari tahun ke tahun semua pejabat dijajaran pemerintah daerah selalu pro aktif dalam hal pengisian LHKPN. Memang selang waktu dua minggu pascapenyampaian surat edaran tentang pengisian LHKPN, baru dua pejabat yang memasukannya ke Inspektorat Sitaro,” katanya. Dirinya menjelaskan, setelah dilakukan pengisian, biasanya proses pengiriman ke Komisi Penanggulangan Korupsi (KPK) dilakukan masing-masing. Hanya saja, para pejabat lebih memilih memasukannya ke Inspektorat lalu dikirim secara serentak. “Jadi selain

unsur pimpinan daerah, Sekretaris Daerah dan para Asisten serta pejabat eselon II, penyampaian LHKPN juga patut dilakukan oleh pejabat eselon III yang memegang jabatan kepala kantor, kepala bagian dan Sekretaris SKPD,” jelasnya. Perlu diketahui, penyampaian LHKPN ke KPK Republik Indonesia merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan setiap pejabat di seluruh Indonesia. “Kami pastikan para pejabat pro aktif, karena selama ini belum pernah ada kendala. Kita berharap semua sudah rampung dalam waktu dekat ini,” harapnya.(esge)

PEMILU

Bupati ikuti rakor pemantapan Pilpres Tahuna—Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, Drs HR Makagansa MSi, Selasa (3/6) kemarin, menghadiri Rapat koordinasi (Rakor) pemantapan Pemilihan Presiden (Pilres) di Sentul. Menurut Kabag Humas Pemkab Sangihe, Elenita Kapal SE MSi, rakor pemantapan Pilres akan dihadiri langsung Presiden

Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Republik Indonesia Budiono. “Jadi selain Bupati Kabupaten Kepulauan Sangihe, hadir juga dalam Rakor tersebut dari seluruh Bupati dan Gubernur seluruh Indonesia serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Tingkat Kabupaten dan Provinsi,” jelasnya.(esge)

AGENDA

KORPRI Kepulauan Talaud akan laksanakan Porkab Melonguane—Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Kabupaten Kepulauan Talaud akan melaksanakan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) bagi seluruh PNS yang akan dimulai pada tanggal 16 Juni mendatang. Ditemui di ruangannya Kabag Humas Pemkab Kepulauan Talaud Ony Maliatja yang didampingi anggota komite perwasitan Porkab Davidson Sasube menerangkan Porkab kali ini merupakan kali keduanya diselenggarakan. “Dari Porkab akan diseleksi seluruh pemenang untuk ikut serta dalam Pekan olahraga provinsi,” jelas Maliatja. Dilanjutkan Maliatja, ada banyak jenis cabang olahraga yang nantinya dipertandingkan dalam Porkab, diantaranya Volly Ball, Catur, Futsal dan sepakbola. “Seluruh SKPD diharapkan untuk berpartisipasi dalam Porkab kali ini. Karena ini merupakan kegiatan milik seluruh PNS yang ada di Talaud,” tutur Maliatja. Sementara itu, Davidson Sasube dari komite perwasitan memaparkan soal aturan keseluruhan cabang olahraga yang dipertandingkan. Menurutnya, seluruh wasit yang bertugas nantinya sudah dibekali dengan pemahaman mengenai kode etik dan sikap menerapkan aturan secara tegas dan jujur. “Fairplay yang utama. Tidak ada dinas atau kantor yang di istimewakan dalam porkab kali ini. Semua wasit di instruksikan untuk bersikap dan bertindak berdasarkan

aturan yang ada,” jelasnya. Sasube juga berharap selain wasit memahami aturan seluruh peserta juga diharapkan bisa menaati aturan yang dijalankan selama Porkab berlangsung. Untuk itu dalam waktu dekat ini panitia yang dipimpin oleh plt Sekab Denny R Tatuwo akan melaksanakan pertemuan teknis dengan seluruh peserta yang terdiri dari Badan dan Dinas se - Kabupaten Kepulauan Talaud untuk menyamakan pemahaman mengenai aturan yang akan diberlakukan dalam Porkab nanti. “Rencananya dalam minggu ini akan diundang pimpinan SKPD untuk menghadiri pertemuan teknis agar panitia dan peserta memiliki keseragaman dan pemahaman yang sama mengenai aturan yang berlaku,” lanjut Sasube. Sementara itu Marzuki Mangero Porkab harus memberikan asas manfaat bukan hanya bagi PNS tetapi juga bagi masyarakat Talaud pada umumnya. “Porkab harus memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat jangan cuma hanya kepada PNS,” tukasnya. Marzuki juga mengingatkan dalam pelaksanaan nanti Porkab bisa terselenggara dengan baik dan betul - betul menjadi ajang seleksi atlet khususnya dari kalangan PNS untuk ikut serta dalam Pekan Olahraga Provinsi nantinya. “Kami berharap semua bisa berjalan dengan baik dan lancar dan menghasilkan pemenang yang berkualitas untuk menjadi wakil Talaud dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi,” tutup Mangero.(try27)

AIR BERSIH

Kerinduan warga Matutuang terjawab Tahuna—Kerinduan warga masyarakat di wilayah kepulauan khususnya warga Kampung Matutuang Kecamatan Maroroe dalam pemenuhan kebutuhan air bersih yang menjadi permasalahan selama ini, akan segera terjawab sudah menyusul pemerintah daerah menunjukan kepeduliannya dalam penyediaan sarana air bersih. Bupati Sangihe, Drs HR Makagansa MSi mengungkapkan, pada tahun 2014 Kampung Matutuang akan mendapatkan bantuan anggaran sebesar Rp1,4 miliar untuk pembangunan Reservoir Osmosis (RO). “RO adalah alat penyulingan air laut menjadi air tawar. Alat ini akan dibangun untuk menjawab kebutuhan dan masalah kekurangan air bersih yang ada di Kampung Matutuang,”

tandas Makagansa. Maka dari itu, pemerintah daerah berharap setelah pembangunan RO selesai, akan menjawab kebutuhan air bersih di Kampung Matutuang. “Bantuan ini merupakan perjuangan dan usulan Pemkab Sangihe pada tahun 2013 lalu, di Kementerian Kelautan dan Perikanan yang baru terealisasi pada tahun ini,” katanya. Perlu diketahui, bantuan tersebut sudah termasuk infrastruktur dasar lainnya yang menjadi kebutuhan masyarakat yang ada di Sangihe akan menjadi prioritas dalam APBD maupun dalam usulan ke pusat. “Tentunya ini melalui pendanaan kementerian untuk mempercepat pencapain visi mewujudkan kabupaten bahari yang sejahtera dan bermartabat,” ujarnya.(esge)


RABU 4 JUNI 2014

ROLLING Kepsek tidak profesional terancam diganti DINAS Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Dikpora) Minsel dalam waktu dekat ini, akan segera mengagendakan untuk menggelar rolling jabatan Kepala Sekolah (Kepsek). Dan dalam rolling tersebut, sasaran yang akan dilakukan pergantian, adalah Kepsek yang dinilai tidak profesional dalam menjalankan tugas. Kadis Dikpora Minsel Hendrie Lumapow SH, yang ditemui diruang kerjanya, Selasa (3/6) kemarin, kepada Swara Kita mengatakan, berdasarkan dari hasil evaluasi pihaknya terhadap kinerja Kepsek, secara keseluruhan hasilnya terbilang baik. Namun ada terdapat beberapa Kepsek yang dinilai sangat lalai dalam melakukan tugas pokok dan fungsi sebagaimana yang dipercayakan, sehingga harus dilakukan pergantian. “ya rencananya kami dalam waktu dekat ini akan segera menggelar rolling jabatan untuk Kepala Sekolah. Dan tujuan kami menggelar rolling untuk penyegaran jabatan. Sebab ada beberapa Kepsek yang dinilai sudah tidak proporsional dalam menjalankan tugasnya, dan harus diganti,” ungkap Lumapow. Dirnya juga menambahkan, dalam rencana rolling tersebut, pihaknya selain akan melakukan pergantian terhadap Kepsek yang tidak profesional, juga untuk mengisi kekosongan jabatan Kepsek dibeberapa sekolah, serta untuk mengantikan Kepsek yang sudah memasuki masa pensiun. “saat ini ada beberapa sekolah yang jabatan Kepseknya belum terisi. Dan juga sebagian Kepsek sudah akan memasuki masa pensiun, oleh sebab itu, agar tidak terjadi kekosongan lagi, dan proses pendidikan dapat terselenggara dengan baik, maka kami perlu mengangkat dan menempatkan Kepsek untuk menduduki jabatan yang akan ditinggalkan,” tuturnya. (try28)

DUGAAN PERSELINGKUHAN Pasangan hugel bakal diperiksa BKD Minsel DUGAAN perselingkuhan oknum pejabat aktif yang bertugas di Bagian Umum dan Perlengkapan Setdakab Minsel serta Bappeda Minsel masuk babak baru. Dimana, wanita yang diduga pasangan hubungan gelap (hugel) oknum pejabat berinisial MM dalam waktu dekat akan segera diperiksa oleh Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Minsel. Kepala BKDD Minsel Drs Ferdinand ‘Roy’ Tiwa yang dikonfirmasi terkait perkembangan surat laporan dugaan perselingkuhan oknum pejabat, Selasa (3/6) kemarin mengatakan, bahwa dirinya telah melakukan klarivikasi dengan oknum pejabat tersebut, namun belum bisa mengambil keputusan. Karena perlu lagi dilakukan beberapa tahapan yang sesuai dengan mekanisme. “Kami masih perlu waktu untuk terus mencari tau kebenarannya, yang jelas semua yang terkait akan kami minta klarivikasinya,” ungkapnya. Ditambahkannya, bahwa dalam waktu dekat ini, pihaknya akan memanggil wanita yang diduga menjadi selingkuhan yang ada dalam laporan tersebut. “Wanita tersebut akan kami panggil untuk periksa atau BAP dalam waktu dekat ini, dan untuk kedepan seperti apa kita tunggu saja, yang jelas semua melalui mekanisme yang berlaku,” tukas Tiwa. (esem)

Tetty Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Hatta Tim Koalisi Merah Putih klaim kumpulan figur-figur berkualitas

TIM Koalisi Merah Putih yakin meraih perolehan suara dalam Pilpres mendatang minimal 70 persen.

Amurang—Tim formatur yang terdiri dari pimpinan dan anggota 5 Parpol koalisi yakni Partai Gerindra, Golkar, PAN, PPP dan PKS, Selasa (3/6) kemarin, membentuk susunan pengurus tim pemenangan Prabowo-Hatta yang diberi nama Tim Koalisi Merah Putih. Dan dalam hasil perumusan Tim tersebut yang digelar di Sekretariat Partai Golkar Kelurahan Uwuran Satu Kecamatan Amurang, telah menetapkan Bupati Minsel Bupati Minsel Christiany ‘Tetty’ Paruntu SE, sebagai ketua Tim Koalisi Merah

Putih. Ketua Tim Formasi Anne Langi yang didampingi Humas Tim pemenangan Meivo Rumengan, yang ditemui usai menyusun namanama Tim pemenangan Prabowo-Hatta, kepada Swara Kita mengatakan, berdasarkan hasil kesepakatan bersama antara Tim formasi dan perwakilan dari 5 partai koalisi, telah disetujui kalau Bupati Minsel Tetty Paruntu SE, dipilih untuk menjadi Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Hatta dalam Pilpres 9 Juli 2014 mendatang. Bahkan menurut Ketua DPC

partai Gerindra ini, kalau tim yang dibentuk saat ini dinilai cukup solid, sehingga dalam target kemenangan, diupayakan mencapai 70 persen. “Tim Koalisi Merah Putih yang kami bentuk saat ini, terdiri dari kumpulan figurfigur yang berkualitas dari masing-masing partai. Oleh sebab itu, dengan terbentuknya Tim saat ini, diyakini kami bisa meraih perolehan suara dalam Pilpres mendatang minimal 70 persen,” ujar Langi. Dirinya juga menambahkan, pembentukan Tim pemenangan, oleh pihaknya

sudah berdasarkan aturan yang ditetapkan dalam penyelenggaraan Pemilu. Sehingga untuk memulai tugas dan kerjanya, para tim terlebih dahulu akan segera dilakukan pelantika. “semua partai koalisi ada keterwakilan dalam Tim pemenangan. Untuk itu, sebelum mereka memulai tugas dan tanggung jawab sebagai Tim pemenangan, maka akan dilakukan pelantikan pengurus terlebih dahulu. Dan untuk jadwal pelantikan Tim, masih akan kami rapatkan bersama,” pungkasnya. (try28/tm)

TUNJANGAN PERANGKAT& ADD

Tetty segera realisasikan pembayaran Amurang—Bupat Minsel Christiany ‘Tetty’

Paruntu SE dalam waktu dekat ini akan segera merealisasikan pembayaran tunjangan perangkat desa serta Anggaran Dana Desa (ADD) di Kabupaten Minsel. Hal tersebut disampaikan Tetty sapaan akrab Bupati Minsel ini, melalui Kaban BPMPD Minsel Olyvia Lumi SSTP, Selasa (3/6) kemarin. Dikatakan Lumi, bahwa pihaknya sedang mempersiapkan berkas untuk proses pencairan

tunjangan perangkat dan ADD, karena sudah memasuki triwulan ke-2 tahun anggaran 2014 ini. “Saat kami sedang dalam tahapan menyiapkan berkas untuk proses pencairan tunjangan perangkat dan ADD, dan kalau sudah tuntas pasti dalam waktu dekat sudah dibayarkan. Dan untuk anggaran tunjangan perangkat yang akan dibayarkan triwulan ke-2 ini 5 M, kalau untuk ADD total keseluruhan 8,6 M,”

ujarnya. Lumi juga menghimbau kepada Hukumtua untuk segera memasukan dokumen yang diminta, untuk pencairan masih tergantung dari pemasukan berkas para hukumtua. “Saya himbau agar desa yang belum memasukan berkas, agar supaya dalam waktu dekat sudah bisa dimasukan, sehingga proses pencairan tunjangan dan ADD dapat cepat dilakukan,” ungkap Lumi.(esem)

PELAYANAN PUBLIK

Tetty minta seluruh SKPD maksimalkan Amurang—Menindaklanjuti surat edaran Mendagri kepada seluruh kepala daerah di Indonesia belum lama ini, terkait pelayanan publik. Bupati Minsel Christiany ‘Tetty’ Paruntu SE langsung bergerak dan mengumpulkan para kepala-kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di jajaran Pemkab Minsel dalam satu rapat. Rapat yang dipimpin Plt Sekkab Minsel Drs Danny Rindengan, membahas masalah pelayanan. Dan Tetty melalui Plt Sekkab tegaskan seluruh SKPD maksimalkan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Plt Sekkab Minsel Drs Danny H Rindengan kepada sejumlah wartawan, Selasa (3/ 6) kemarin mengatakan, bahwa dalam rapat tersebut, ditekankan masalah pelayanan yang prima kepada masyarakat. Karena selama ini masih belum maksimal dijalankan SKPD. “Rapat tersebut menindaklanjuti surat edaran Mendagri terkait

pelayanan, sehingga ibu Bupati memerintahkan semua jajaran untuk memaksimalkan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” ungkapnya. Ditambahkan Rindengan, pelayanan prima yang ditekankan, yakni dalam hal kesehatan, pendidikan, kemasyarakatan dan lain-lain yang masih sangat kurang.

Sehingga perlu untuk lebih ditingkatkan kembali. “Ada beberapa hal yang ditekankan dalam surat edaran tersebut, dan yang paling ditekankan yakni masalah Kesehatan seperti Jamkesmas, jamkesda, Puskesmas, serta pendidikan. Juga ada masalah pendidikan, dan ada juga dalam hal kemasyarakatan,” tegas Rindengan. (esem)

STUDI BANDING

Dekab Minsel bantah minta jatah ke luar negeri Amurang—Menjelang berakhirnya masa tugas wakil rakyat Minsel periode 2009-2014 pada bulan September nanti, para anggota Dekab Minsel diduga meminta jatah untuk keluar negeri sebelum masa kerja usai. Tak ayal, rencana tersebut pun banjir kecaman dari sejumlah elemen masyarakat yang ada di Kabupaten Minsel. Kendati para anggota Dekab Minsel meminta jatah untuk terbang ke luar negeri namun, dalamAPBD 2014 ini, tidak dicantumkan anggaran untuk study banding tersebut. Menariknya, rencana tersebut langsung dibantah keras para legislator Minsel. Hal ini sesuai penegasan Ketua Komisi 2 Dekab Minsel Rommy Pondaag SH MH. Dikatakannya, bahwa dirinya tidak mengetahui tentang keberangkatan ke luar negeri. Bahkan itu tidak ada dalam agenda study banding atau kunjungan kerja tahun 2014. “Itu tidak ada anggaran yang tertata, dan alasan apapun tidak bisa sesuai aturan. Dan saya belum dapat info terkait rencana keberangkatan anggota dewan ke luar negeri,” Pondaag yang adalah Ketua DPC PDIP Minsel. Disatu sisi, Ketua Dekab Minsel Boy Tumiwa Bsc SH yang dikonfirmasi Selasa (3/ 6) kemarin, mengakui kalau dirinya tidak tahu menahu soal studi banding ke laur negeri tersebut. Tapi Tumiwa yang adalah Sejretaris DPC PDIP Minsel ini mengatakan, jika sesuai mekanisme dan aturan tidak ada masalah. “Saya belum dengar info tersebut, namun kalau dalam mekanisme aturan membenarkan dan bisa menggunakan APBD,

mengapa tidak. Tapi harus terlebih dahulu memohon ijin dan petunjuk dari Mendagri. Dan kalau keberangkatan keluar negeri dengan menggunakan dana pribadi, maka harus ada surat pemberitahuan. Namun untuk jelasnya bisa atau tidak menggunakan APBD maka saya perlu mempelajari lagi aturan terhadap penataan anggaran,” kata Tumiwa. Kabar para wakil rakyat itu tetap ngotot, bahkan konon kabar pembahasan APBD dan agenda-agenda lain jadi ajang bargaining. Ketua Perhimpunan Pemuda Pelajar Cita Waya Esa Minsel Story Moring Spd pun langsung angkat bicara. Karena menurutnya, rencana para anggota dewan tersebut, adalah rencana yang sangat memaksakan kepentingan pribadi dan korbankan kepentingan rakyat. “Kami mengecam rencana jalan-jalan keluar negeri, karena itu agenda tidak mencerminkan kepentingan rakyat banyak, hanya sekedar jalan-jalan dan memuaskan diri sendiri saja,” sembur Moring. Hal senada juga disampaikan oleh Generasi Muda (Germud) Minsel Frangky Paat. Dijelaskannya, masa berakhir anggota dewan jangan dimanfaatkan dengan cara hamburhamburkan uang, karena uang APBD adalah uang rakyat bukan pribadi anggota dewan. “Kan sangat malu bersenangsenang diluar negeri gunakan uang rakyat, mana wibawah seorang wakil rakyat? Kalau tidak duduk kembali sebagai wakil rakyat, yah sudah, jangan gunakan momen untuk habiskan uang rakyat di luar negeri,” tegasnya.(try28/esem)

PEMADAMAN LISTRIK

Server rusak hambat pembuatan dokumen kependudukan Amurang—Pemkab Minsel dalam memberikan pelayanan kepada warga yang akan melakukan pengurusan dokumen kependudukan, kembali mengalami masalah. Hal itu diakibatkan adanya kerusakan server penyimpan data, imbas dari seringnya aliran listrik padam. Kadis Capilduk Minsel Drs Corneles Mononimbar Msi yang ditemui diruang kerjanya, Selasa (3/6) kemarin, kepada Swara Kita mengatakan, pihaknya selama Dua pekan belakangan ini, tidak bisa melayani intuk pembuatan dokumen kependudukan. Sebab server yang menyimpan semua data kependudukan, dalam kendisi rusak yang disebabkan oleh terjadinya pemadaman aliran listrik secara terus menerus. “sampai saat ini, warga yang datang mengurus perpanjangan KTP belum bisa kami layani, karena semua data ada dalam server, sementara server dalam kondisi rusak. Dan yang bisa

kami berikan kepada warga yang akan melakukan perpanjangan KTP, hanya surat keterangan kependudukan, sambil menunggu perbaikan server selesai. Namun untuk perekaman e-KTP tetap kami layani baik di kantor Capilduk maupun di kantor Kecamatan,” ujar Mononimbar. Ditambahkanya, dalam melakukan perpanjangan ataupun pembuatan dokumen kependudukan, pihaknya menghimbau kepada warga untuk tetap mengikuti aturan, sebagaimana yang sudah tertuang dalam standart operasional pelayanan (SOP). “berdasarkan SOP, seharusnya warga yang akan melakukan pengurusan KTP, KK, ataupun dokumen kependudukan lainnya, sudah harus melapor untuk permintaan pembuatan dokumen kependudukan selambat-lambatnya Dua minggu sebelum massa berlaku habis,” pungkasnya. (try28)

HONORER K2

Nasip 45 honorer bermasalah ditentukan pekan ini Amurang—Meski dalam laporannya ke Kemenpan, Badan Kepagawaian Diklat Daerah (BKDD) Minsel telah memasukan semua nama Honda K2 yang lolos seleksi untuk mengikuti tahapan selanjutnya dalam CPNS, namun bukan berarti 45 Honda K2 yang bermasalah sudah dinyatakan lolos. Pasalnya, nasib mereka masih akan ditentukan dari hasil verifikasi berkas yang akan berakhir pekan ini. Kepala BKDD Minsel Drs Roy

Tiwa yang ditemui di ruang kerjanya, Selasa (3/6) kemarin, kepada Swara Kita mengatakan, berdasarkan dari tahapan penerimaan CPNS, dimana untuk batas waktu memasukan namanama CPNS Honda Kategori Dua sudah akan memasuki batas akhir, sehingga pihaknya telah melaporkan semua nama-nama yang memasukan kelengkapan berkas. Namun untuk memastikan apakah semua nama yang dimasukan akan lolos dan diangkat

menjadiPegawaiNegeriSipil,maka pihaknya masih akan menunggu hasil verifikasi tahap akhir pekan ini. “memang untuk semua nama yang telah memasukan berkas, sudahkamilaporkankeKemenpan. Tapi untuk 45 nama yang berkasnya masih bermasalah, verifikasi akan diupayakan selesai secepatnya. Namun jika dalam batas waktu ternyata, verifikasinya tidak selesai, maka ada kemungkinan akan gugur,” ujar Tiwa. Ditambahkannya, guna

lancarnya verifikasi, pihaknya meminta kepada pihak yang terkait dalam penanda tanganan SK untuk bisa memberi diri dalam mempertanggung jawabkan SK yang diterbitka. “memang perlu diakui kalau sampai saat ini masih ada beberapa berkas yang belum kami verifikasi, karena oknum yang menanda tangani SK tidak bersedia untuk di BAP. Namun meski demikian tahapan tetap berjalan terus sampai seluruh berkas selesai diverifikasi,” pungkasnya. (try28)


Swara kita 4 juni 2014  
Advertisement
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you