Page 1

SWARA KITA TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,- Luar Kota + Ongkos Kirim

Fabregas: Bale harus adaptasi La Liga LAGA Barcelona versus Real Madrid, Sabtu (26/ 10) pekan lalu masih menjadi perbincangan seru, terlebih penampilan gelandang anyar Madrid, Gareth Bale, yang oleh sebagian besar orang menilainya kurang baik. Kali ini gelandang Barca, Cesc Fabregas, ikut menyoroti penampilan kurang apik Bale

ASMIRANDAH

Bantah sudah menikah

ARTIS cantik Asmirandah membantah kabar bahwa ia sudah menikah dengan kekasihnya, Jonas Rivano. Andah, sapaan akrabnya, menegaskan bahwa pernikahan itu baru akan berlangsung Januari 2014. “Aku mau kasih tahu, rencana nikah itu Januari. Memang pernikahan itu mau dilaksanakan Januari 2014,” kata Andah di Jakarta Timur, Selasa (29/10) kemarin. Baca: Bantah ( Halaman 2 )

INTERNASIONAL SPIONASE

Amerika punya fasilitas penyadapan di Jakarta?

Jakarta—Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mengembangkan kasus suap yang menyeret Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) nonaktif Akil Mochtar. Kini, KPK membidik pihak-pihak yang menyuap Akil terkait sengketa pemilihan kepala daerah (pilkada), selain di Lebak Banten, dan Gunung Mas Kalimantan Tengah. Akil diduga tidak hanya menerima pemberian hadiah uang atau janji terkait penanganan dua sengketa pilkada tersebut. Namun juga bisa terjadi di daerah lain, termasuk kemungkinan terjadi di beberapa pilkada di Sulut. “Kalau nanti dalam penyidikan ketahuan siapa pemberi lainnya, kita enggak perlu menunggu proses pengadilan,” kata Juru Bicara KPK Johan Budi di Jakarta, Selasa (29/ 10) kemarin. Sejauh ini, KPK baru menjerat pihak pemberi suap dalam kasus Akil yang berkaitan dengan sengketa Pilkada Lebak dan Gunung Mas. Untuk kasus Lebak, KPK menetapkan Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan yang merupakan adik dari Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah sebagai tersangka pemberi suap. Sementara dalam kasus Gunung Mas, pihak yang diduga sebagai pemberi suap adalah calon bupati Gunung Mas Hambit Bintih dan pengusaha Cornelis Nalau. Baca: KPK ( Halaman 2 )

Terkait penyuap lain Akil Mochtar, tak perlu tunggu proses pengadilan

KEDUTAAN Besar Amerika Serikat (AS) di Jakarta, Indonesia, disebut sebagai salah satu dari 90 pos yang memiliki fasilitas penyadapan intelijen Amerika di seluruh dunia. Ini terungkap dalam salah satu dokumen yang dibocorkan Edward Snowden dan diungkapkan oleh harian Australia, Sydney Morning Herald (SMH). Kabar itu membuat pemerintah Indonesia berencana memanggil perwakilan Kedutaan Besar AS di Jakarta. Dalam laporannya, Selasa (29/10) kemarin, SMH menampilkan sebuah peta yang mendaftar 90 fasilitas pemantauan elektronik (electronic surveillance facilities) yang tersebar di beberapa Kedubes AS di kota-kota penjuru dunia, termasuk di Asia Timur dan Tenggara. Salah satu kota yang menjadi lokasi Kedubes AS dalam peta tertanggal 13 Agustus 2010 itu adalah Jakarta. Kota-kota lainnya adalah Kuala Lumpur, Bangkok, Phnom Penh dan Yangon. Peta serupa sebelumnya juga dipublikasikan oleh Majalah Jerman, Der Spiegel, pada Selasa lalu. Dalam informasi Der Spiegel, disebut bahwa CIA dan NSA yang membentuk “Badan Pengumpulan Khusus”, memiliki 90 fasilitas penyadapan. Sebanyak 74 di antaranya merupakan fasilitas berawak sementara 14 lainnya dioperasikan dari jauh. Mereka turut mendirikan dua pusat teknisi pendukung. Menurut informasi SMH, Kedubes AS di Bangkok termasuk ke dalam tim pendukung teknis dan beroperasi dari jarak jauh. Mereka beroperasi dari fasilitas serupa di Konsulat AS di ibukota Chiang Mai. Sementara di kawasan Asia Timur, operasi SCS dipusatkan di China dengan fasilitas tersebut ditempatkan di Kedubes AS di Beijing dan Konsulat di Shanghai dan Chengdu, ibukota Provinsi Sichuan di barat daya Negeri Tirai Bambu. Fasilitas pemantauan lainnya berlokasi di kantor diplomatik AS yang tidak diketahui lokasinya di Taipei. Baca: Amerika ( Halaman 2 )

Baca: Fabregas ( Halaman 2 )

KASUS MARK-UP LAHAN BPK

4 terdakwa Auditor BPK didakwa 1,6 tahun penjara Manado—Kasus markup lahan bangunan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Sulut akhirnya telah memasuki tahap penuntutan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). Dimana pada Senin (28/10) lalu, 2 terdakwanya yakni SH alias Sjarief dan WIS alias Wahyudi telah dituntut 1,6 tahun penjara dengan denda Rp100 juta subsider 6 bulan. Dan, pada Selasa (29/10) kemarin, giliran 2 terdakwa lainnya, yakni MY alias Muhamad dan AS alias Am-

bo, diberikan ancaman hukuman yang sama dengan 2 rekannya yang sudah terlebih dahulu dituntut dengan hukuman 1,6 tahun penjara. Akan tetapi, terdakwa Ambo dan Muhamad hanya dikenakan dendan Rp50 juta subsider 6 bulan, dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Negeri Manado yang dipimpin Ketua Majelis Hakim Novrry Oroh SH didampingi Verra Linda Lihawa SH dan Nich Samara SH. Baca: 4 terdakwa ( Halaman 2 )

GUBERNUR DKI Jakarta Joko Widodo (kaos merah) mengejar pelari asal Kenya, Stephen Tum, untuk mengalungkan tanda pemenang pada Mandiri Jakarta Marathon 2013, di kawasan Monas Jakarta Pusat, Minggu (27/10) lalu. Para menteri yang hadir serta masyarakat yang menonton ikut tertawa melihat tingkah pasangan Basuki Tjahja Purnama itu. Foto lain diambil dari akun Twitter @motulz tanpa diketahui identitas asli fotografer foto tersebut.(foto: komc)

JAKARTA MARATHON 2013

Foto Jokowi kejar pelari Kenya mengundang tawa Jakarta—Lomba lari Mandiri Jakarta Marathon 2013 sudah tiga hari berlalu. Namun, ada momen lucu dalam acara itu yang kini ramai dibicarakan di situs jejaring sosial hingga Selasa (29/10) tadi malam. Momen itu terekam dalam sebuah foto saat Gubernur

DKI Jakarta Joko Widodo tampak tergopoh-gopoh mengejar pelari asal Kenya, Stephen Tum, yang tidak mengetahui akan diberi tanda pemenang oleh Jokowi. Foto itu menjadi tampak lucu karena memperlihatkan Jokowi yang seolah-olah sedang mengendap-endap di

belakang Tum. Saat itu, Jokowi terpaksa berlari mengejar Tum meskipun Jokowi tak mengenakan sepatu khusus lari. Sejumlah akun yang memasang atau berbagi foto tersebut mengomentarinya dengan kalimatkalimat lucu. “Gubernur gw dewa srimulat! Hahahaha!”

KASUS TPAPD BOLMONG

PRESIDEN AS Barack Obama bersama Presiden SBY dalam pertemuan beberapa waktu lalu.(foto: ist)

Penampilan Bale di El Clasico memang menuai kritikan. Menyandang status sebagai pemain termahal setelah ditransfer dari Tottenham Hotspur, Bale dianggap tampil jauh dari harapan. Ia gagal menyelamatkan Madrid dari kekalahan setelah dipaksa menyerah 2-1 di Camp Nou.

Telp: (0431) 841071, Fax: (0431) 841060 www.swarakita-manado.com

RABU 30 OKTOBER 2013 NOMOR 02410 TAHUN VII

KPK mulai bidik kasus sengketa pilkada di Sulut?

SELEBRITI

di laga El Clasico itu. Menurut Fabregas, Bale masih membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan sepakbola Spanyol. Ya, Fabregas menilai performa kurang apik Bale dikarenakan gaya berbeda antara La Liga dengan England Premier League (EPL). Layaknya Bale, nama besar Fabregas juga didapat saat masih berkiprah di pentas Liga Inggris bersama Arsenal.

sebut pemilik akun Facebook Ganesha Tamzil. “Our funny Governor. Jokowi jahil banget! Hahaha! at last Jakarta Marathon 2013,” tulis pemilik akun @SIG_architect di Twitter. Kejadian tersebut bermula saat Jokowi, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo,

Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparek) Marie Elka Pangestu menunggu pelari kategori Full Marathon 42 kilometer di garis finis. Baca: Foto ( Halaman 2 )

PENERIMAAN CPNS

Proses lambat, Kejari salahkan Polres Bupati Bolmut coba Kotamobagu—Sejumlah pejabat dan mantan pejabat di lingkup Pemkab Bolmong terseret kasus dugaan korupsi Tunjangan Pokok Aparatur Pemerintah Desa (TPAPD) Bolmong tahun 2010 silam. Kasus ini sendiri masih berproses, kendati sudah tiga tahun lamanya. Ironisnya, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Kotamobagu Fien Ering SH sepertinya menghindar dengan kasus ini, apalagi upaya konfirmasi sejumlah wartawan. Namun, Kasi Intel Kejari Kotamobagu AH Mayangkara berujar bahwa berkas dikem-

HISAR Siallagan.

balikan karena masih ada tiga item yang tidak dipenuhi pihak penyidik. Terkait berkas tersangka

FIEN Ering.

MMS alias Marlina, Mayangkara mengatakan, cepat atau lambat berkas untuk diproses hingga ke

pengadilan bukan kesalahan Kejari Kotamobagu, melainkan pihak penyidik Polres Bolmong yang harus memenuhi tiga item permintaan petunjuk dari kejaksaan, yang sudah hingga tiga kali dikembalikan menyusul keempat kalinya pada 7 Oktober 2013. “Masih ada 3 item dari berapa itu saya lupa. Namun cepat atau lambat bukan dari kejari,” kata Mayangkara. Padahal dari sebelumnya penuturan Kasat Reskrim Polres Bolmong bahwa ada lima item petunjuk yang akan dilengkapi. Baca: Proses ( Halaman 2 )

disuap Rp100 juta

B o ro k o — H i m b a u a n pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, agar para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) menghindari upaya-upaya tak bertanggung jawab seperti penyuapan, nampaknya tidak dihiraukan. Buktinya, upaya penyuapan oleh CPNS dialami langsung Bupati Bolmut, Drs Depri Pontoh. Dikatakannya, menjelang tes ujian CPNS di Bolmut, berbagai macam cara dilakukan para calon pelamar agar nanti bisa tetap

mulus dalam tes perekrutan 3 November 2013 mandatang. Mulai dari mendekati para tim sukses, hingga para pejabat yang ada di lingkungan Pemkab Bolmut. Ada yang datang ke Bupati, Wakil Bupati, Sekkab, dan Ketua Dekab, mengharapkan bantuan mereka. Depri tentunya salah satu sasaran, bahkan sampai dibujuk dengan bayaran tidak sedikit, asal oknum CPNS lolos menjadi PNS. Baca: Bupati ( Halaman 2 )

Prediksi dari mulai runtuhnya Uni Soviet hingga kemajuan China

Yoda, kakek 92 tahun “peramal” strategi pertahanan AS Tidak banyak di dunia ini yang kenal pria tua yang dijuluki Yoda, seorang “peramal” strategi di Pentagon, pusat pertahanan Amerika Serikat. Banyak prediksi kakek yang kini berusia 92 tahun, soal perkembangan politik dan pertahanan dunia yang jitu.

SEPERTI diulas Washington Post, Senin (28/10), Yoda bernama asli Andrew W Marshall. Nama “Yoda” diberikan karena kepalanya yang botak dan kemampuannya memprediksi masa depan, persis seperti Master Yoda, guru besar

para Jedi di laga Star Wars. Dia bekerja di Office of Net Assessment (ONA), think-tank penasehat strategi pertahanan, yang didirikan pada kepemimpinan Presiden Richard Nixon tahun 1973. Beberapa prediksinya yang

tepat adalah jatuhnya Uni Soviet, bangkitnya China, dan kemajuan teknologi pesawat penyerang nirawak (Drone). Kantornya juga membahas soal potensi serangan nuklir, penggunaan energi di Asia, superioritas

militer AS, dan berbagai masalah perang dan keamanan lainnya yang sangat rahasia. Hanya menteri pertahanan yang bisa membaca dokumen yang mereka keluarkan. Baca: Yoda ( Halaman 2 )

ANDREW W Marshall alias Yoda (kiri) bersama mantan Presiden AS George W Bush(foto: gedung putih/dok)


RABU 30 OKTOBER 2013 Yoda ... dari Halaman 1 Yoda juga membantu AS melalu Perang Dingin dengan Rusia. Dalam 20 tahun terakhir, Yoda menggunakan kemampuannya merancang skenario perang Amerika dengan China. Menurutnya, pengeluaran militer China akan melampaui AS dalam waktu 20 tahun, dan perlahan mulai terbukti. Bahkan Jenderal Chen Zhou dari China mengagumi karya-karyanya. Dalam wawancara dengan The Economist, dia mengatakan: “Kami mempelajari RMA dengan seksama. Pahlawan besar kami adalah Andy Marshall di Pentagon. Kami menerjemahkan setiap kata-katanya.” RMA kepanjangan dari Revolution in Military Affairs, sebuah teori yang dibuat Marshall, yang menyatakan bahwa perkembangan teknologi perang sangat pendek, tapi tranformasinya luar biasa. Contohnya, perkembangan busur dan panah, menjadi meriam, lalu menjadi bom atom. Dia jarang diwawancara dan enggan dikutip. Pada 2003 lalu, pada wawancara yang langka, dia memprediksi obat-obatan peningkat daya tahan tubuh akan menjadi penting di masa depan, sama pentingnya seperti perkembangan teknologi. “Orang yang bekerja di bidang neural pharmacology mengatakan bahwa jenis obat baru akan tersedia sebentar lagi, dalam satu dekade,” kata Marshall pada media Wired. Usia yang senja sama sekali tidak menumpulkan pemikirannya. Salah satu pengagumnya, John Arquilla, professor Angkatan Laut, mengatakan bahwa pikirannya masih tajam dan berfungsi dengan baik. “Pemikirannya masih tajam seperti dulu. Otaknya masih bekerja,” kata Arquilla. Kendati sumbangannya yang tidak sedikit bagi pertahanan, namun AS berencana menghapuskan thing-tank Yoda. Hal ini disampaikan Menteri Pertahanan Chuck Hagel 15 Oktober lalu yang mengatakan Pentagon tengah kekurangan biaya. Rencana ini ditentang oleh mantan Menhan AS Donald Rumsfeld yang mengatakan bahwa Yoda dan jajarannya sangat berguna. “Di garis depan strategi dan transformasi Kementerian Pertahanan selama 40 tahun, memecat Andy Marshall dan ONA adalah kesalahan fatal,” kata Rumsfeld di akun Twitternya.(vinc)

Fabregas ... dari Halaman 1 “Anda butuh adaptasi. La Liga sangat berbeda dengan Premier League,” kata Fabregas dilansir Soccerway. “Di sini tidak banyak ruang dan ketika Anda menguasai bola maka akan ada beberapa lawan yang mengepung Anda. Dia butuh waktu dan semuanya tergantung bagaimana dia melewatinya,” lanjut gelandang La Furia Roja ini. Masih menurut Fabregas, terlepas dari cedera yang dialami, status pemain termahal yang disandang Bale juga dinilai memberikan banyak tekanan. “Yang membuat dia lebih tertekan tentu nilai transfernya yang mencapai 100 juta euro,” kata Fabregas.(vinc)

Bantah ... dari Halaman 1 Diketahui, kabar mengenai pernikahan Andah awalnya muncul dari keterangan seorang petugas KUA Beji, Depok, Sobari. Dalam pernyataannya, Sobari mengatakan jika Andah telah menikah dengan Rivano pada 17 Oktober lalu. Namun dara 24 tahun itu menegaskan, kedatangannya ke KUA bukan terkait pernikahan, melainkan baru sebatas konsultasi dan mendaftarkan pernikahan. “Jadi begini, sebenarnya ini kan lebih pribadi. Makanya aku selalu bilang temen-temen media doain aja. Aku kan ada masalah keyakinan. Di sini kita harus menghargai keluarga masing-masing. Aku harus menghargai keluarga calon aku dan keluarga aku,” ujar perempuan kelahiran Jakarta, 5 Oktober 1989 itu.(inlc)

Amerika ... dari Halaman 1 Di kawasan Asia Selatan, Ada delapan fasilitas semacam itu. Mereka berada di Kedubes AS di kota New Delhi, India dan Islamabad, Pakistan. Untuk kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara, hanya dijangkau oleh fasilitas pemantau namun tidak berfungsi selama 24 jam. Sementara untuk kawasan Sub Sahara, Afrika, terdapat sembilan fasilitas penyadapan. Di Benua Eropa, lokasi penyadapan SCS sudah kadung bocor lebih dulu di harian Jerman, Bild am Sonntag pada pekan ini. Mereka tersebar di kota Berlin, Paris, Roma, Madrid, Athena, Praha, Jenewa, Wina, Kiev dan Moskow. Sementara 16 fasilitas serupa juga terdapat di kawasan Amerika Latin. Fasilitas itu tersebar di Mexico City, Panama, Caracas, Bogota, La Paz, Brasilia dan Havana. AS memang diketahui tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Kuba. Namun, mereka mengakalinya dengan membangun fasilitas penyadapan di Kedubes Swiss yang berlokasi di Havana. Pihak Kedutaan Besar AS di Jakarta hingga berita ini diturunkan belum bisa dihubungi untuk dimintai tanggapannya atas kabar itu. Menanggapi pemberitaan ini, Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa mengatakan akan memanggil Kuasa Usaha AS untuk Indonesia, Kristen Bauer. Menurutnya, apabila aksi spionase itu terbukti benar, maka perbuatan itu tidak dapat dibenarkan dan dianggap melanggar rasa saling percaya yang dimiliki kedua negara. “Kami ingin memastikan terlebih dahulu soal adanya laporan bahwa fasilitas semacam itu memang benar adanya. Apabila terbukti, maka kami akan menyampaikan nota protes keras,” ungkap Marty. Namun, hingga kini Marty mengaku belum memiliki kesempatan secara langsung untuk mengonfirmasi hal tersebut kepada perwakilan AS di Jakarta.(vinc)

CV AIR SEJUK MANADO

MAINTENANCE-AIR CONDITIONER-SPARE PART-INSTALATION Type

Service

AC SPLIT RP25.000 AC WINDOW RP50.000 AC STANDING FLOOR RP50.000 AC CEILING RP45.000 AC CENTRAL NEGO KULKAS RP50.000 FREEZER RP50.000 MESIN CUCI RP50.000 DISPENSER RP50.000

Tambah Freon RP75.000/PK RP75.000/PK RP75.000/PK RP45.000/PK NEGO RP660.000/PK RP660.000/PK NEGO NEGO

DISEWAKAN AC FLOOR STANDING/GENSET

- Service langsung di tempat - Melayani bongkar pasang AC - Melayani panggilan luar kota - BERGARANSI - Ditangani oleh Tenaga Profesional Teknisi kami datang ke tempat anda untuk cek GRATIS

Hub: (0431) 3630234/9140332—085299811566 Jl AA Maramis Paniki Bawah No 12 Manado

Utama

2 Polisi tangkap penyebar foto syur Polwan Untuk Nasional & Mancanegara

Sompie: Pelaku bekas kekasih, motifnya juga belum diketahui Jakarta—Kepolisian Daerah (Polda) Lampung, telah mengamankan pelaku penyebar foto syur anggota polisi wanita (Polwan). Perempuan pada foto itu diketahui seorang Polwan berinisial RS, ia bertugas sebagai Sekretaris Pribadi Kapolda Lampung, Brigjen Pol Heru Winarko. “Pelakunya baru ditangkap, inisialnya saya belum tahu, belum ada laporan lengkap,” kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Ronny Sompie, di kantornya, Selasa (29/10) kemarin. Berdasarkan

keterangan dari Kapolda Lampung, kata Ronny, penyebar foto bugil Polwan itu bukan dari anggota Kepolisian. Namun, pelaku adalah bekas kekasih sang Polwan. “Tadi (kemarin, red) Kapoldanya ngomong, penyebar foto bugil bukan Polisi. Pelaku adalah mantan pacarnya,” ujar Sompie. Belum diketahui sejak kapan foto bugil itu diunggah di sosial media oleh pelaku. Pelaku kini ditahan oleh petugas Kepolisian Polda Lampung. Dia menambahkan, dalam kasus ini polisi masih

KADIV Humas Polri, Irjen Pol Ronny Sompie, saat menghadiri HUT Sulut ke-49 di Manado, 23 September 2013 lalu.(foto: donny/sk)

Al-Quran berusia 1.300 tahun hilang dari museum Sana’a—Pemerintah Yaman telah mengumumkan adanya penyelidikan publik untuk mencari Al-Quran kuno dan pedang antik yang dicuri dari Museum Nasional negara itu. Pencurian terjadi bulan lalu. Komite Budaya, Pariwisata, dan Media Parlemen Yaman meminta adanya pemeriksaan terhadap Otoritas Umum Turisme, Barang Antik, dan Museum (General Authority of Tourism, Antiquities and Museums / GATAM).

Kepala GATAM Abdu AlHudaifi menyebut peristiwa ini sebagai pencurian identitas dan sejarah Yaman. Dia menambahkan, Al-Quran yang dicuri itu manuskrip langka yang berusia 1.300 tahun. Menurut Islam, wahyu terakhir turun kepada Nabi Muhammad pada 632 M, sekitar 1.381 tahun yang lalu. “Sebuah komite parlemen akan dibentuk untuk menentukan siapa yang bertanggung jawab atas terjadinya pencurian itu,” kata Al-Hudaifi.

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

menganggap RS sebagai korban. Sebab, foto bugil itu di luar persetujuannya. Hingga saat ini, RS masih berstatus sebagai polisi aktif di Polda Lampung. “Anggota itu kan tidak salah atas fotonya, ya jadi korban,” kata Sompie. Sementara itu, Divisi Propam Polda Lampung hingga sore kemarin masih melakukan pemeriksaan kepada oknum polwan dalam foto tersebut. Polda Lampung berjanji akan segera mengusut tuntas permasalahan ini karena Kapolda Lampung juga sudah memberikan perhatian khusus terkait masalah ini. “Kami akan memeriksa keaslian foto tersebut. Apakah wanita yang ada dalam foto-foto syur itu

adalah benar salah seorang anggota kami,” ujar Kabid Humas Polda Lampung, AKBP Sulsityaningsih. Jika terbukti benar, Sulis mengatakan hal tersebut sudah mencoreng nama baik institusi Polri. Tentu saja akan diambil tindakan tegas sesuai prosedur. “Meski misalnya hal itu adalah masalah pribadi individu yang bersangkutan. Yang bersangkutan kini masih diperiksa,” katanya. Selanjutnya, Sulis menyatakan, Polda Lampung akan selalu melakukan pembinaan terhadap anggotanya. “Apabila ada oknum anggota polisi yang melakukan penyimpangan, pasti akan ditindak sesuai peraturan,” tambahnya.(vinc)

Bajak laut Somalia takut lagu Britney Spears

Sebuah penyelidikan terpisah akan dilakukan secara terbuka, berdasarkan perintah dari Presiden Yaman Abdu Rabu Mansour Hadi. Manajer keamanan Museum Nasional, Aqeel AlNabhi mengatakan, kurangnya pengamanan ikut berkontribusi terhadap pencurian itu. “Tidak ada kamera pengintai, tidak ada sistem alarm, generator telah berhenti operasi, bahkan tidak ada pencahayaan yang tepat,” kata Al-Nabhi.(temc)

Somalia—Siapa yang paling ditakuti saat di tengah lautan? Banyak yang mengatakan, bajak lautlah yang paling ditakuti. Lantas, bagaimana mengatasinya? Ternyata, bukan persenjataan lengkap atau strategi perang jitu yang bisa mengusir mereka. Lagu penyanyi pop Britney Spears-lah jawabannya. Dilaporkan laman Metro.co.uk, Ahad (27/10) lalu, Rachel Owens, salah satu perwira angkatan laut yang bertugas di pesisir timur

Somalia, mengungkapkan ia dan timnya sering memutar lagu Britney Spears seperti Oops! I Did It Again dan Baby One More Time untuk mengusir para perompak. Lagu ini dipilih tim keamanan karena mereka pikir para perompak sangat membencinya. “Bajak laut tidak tahan dengan budaya dan musik dari negara-negara Barat,” tutur Owens. Wanita berusia 34 tahun ini menjelaskan bahwa lagu ini sangat ampuh, sampaisampai tim keamanan jarang

sekali mengangkat senjata. Bajak laut memang menjadi ancaman besar di sana. Pada 2011, tercatat ada 176 kali serangan bajak laut terhadap kapal yang melintas. Untuk menjaga daerah rawan ini, sebanyak 1.500 angkatan laut dan 14 kapal dikerahkan. Tak lupa, mereka juga menyiapkan dua lagu hits penyanyi asal Amerika ini. “Begitu mereka mendengar lantunan lagu Britney, mereka langsung pergi secepat mungkin,” kata Owens.(temc)

yakni TD alias Dengah, dimana sampai saat ini masih dinyatakan buron atau masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) oleh Kejati Sulut. “Yang harus bertanggung jawab sepenuhnya atas kasus ini, adalah pemilik tanah TD alias Dengah. Sebab dirinya yang menggunakan uang dari hasil penggelembungan dana pembelian lahan BPK.

Sedangakan 4 terdakwa hanya menandatangani surat pembelian lahan sebagai panitia pada saat itu,” tandas Gerungan. Seperti diketahui, 5 terdakwa ini didakwa telah melakukan mark up atau penggelembungan dana dalam pengadaan lahan BPK. Dimana, perbuatan melawan hukum yang dilakukan para terdakwa

bersama dengan pemilik lahan yang juga telah ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Kejati Sulut telah merugikan negara sebesar Rp6,7 miliar. Sehingga JPU menjerat mereka berdsarkan pasal 2 ayat (1) jo pasal 18 Undang-undang Nomor 31 tahun 1999 yang telah diubah dan ditambah dengan UU Nomor 20

tahun 2001 jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP sebagaimana dalam dakwaan primair dan juga pasal 3 jo pasal 18 UU Nomor 31 tahun 1999 yang telah diubah dan ditambah dengan UU Nomor 20 tahun 2001 jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP sebagaimana dalam dakwaan subsidair.(rees/ dw)

kepala daerah tersebut. Saat dikonfirmasi, Johan mengatakan bahwa temuan PPATK ini akan didalami lebih jauh oleh KPK. “Kalau dalam temuan PPATK kami temukan data transfer, itu kan bisa dilacak lebih

lanjut, apa kaitannya. Jadi, sangat terbuka kemungkinan menjerat pemberi lain sepanjang dua alat bukti ditemukan KPK,” ujarnya. Johan menambahkan, akan sangat membantu jika Akil selaku tersangka

mengakui perbuatannya dan mengungkapkan pihak lain yang diduga memberikannya uang suap. Kendati demikian, lanjutnya, KPK tidak mengejar pengakuan seorang tersangka. “KPK akan mengejar bukti,

terserah tersangka mau ngomong apa, ya silakan, tapi akan sangat membantu kalau mengembangkan kasus ini kalau tersangka mengakui, tapi kan tersangka ini m e m b a n t a h , ” katanya.(komc/dw)

Jokowi yang mengenakan kaus merah, celana olahraga pendek warna hitam, dan sepatu kasual yang biasa digunakan untuk blusukan, sebenarnya telah memanggil Tum saat berpapasan dengannya. “Steven, Steven,” teriak Jokowi. Namun, pelari berkepala plontos tersebut tidak menyadarinya hingga Jokowi mengejar dan menepuk pundaknya. Momen itu rupanya menarik perhatian penonton. Hampir semua orang yang

menyaksikannya tertawa, termasuk Roy Suryo yang tertawa sambil menunjuk ke arah Jokowi dan Tum. Demikian pula Marie dan Gita. Mereka tertawa terbahakbahak. Jokowi juga tertawa. Setelah beberapa meter berlari, Jokowi berhasil mendekati Tum. Tum yang tampak lelah pun berbalik dan merunduk agar Jokowi bisa mengalungkan tanda pemenang. Seusai kejadian itu, Jokowi kembali ke tempat semula dengan cara

Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar tidak menampik anggapan bahwa sudah lama masyarakat tidak percaya dengan rekrutmen CPNS, karena aroma kecurangan yang meruap di hajat nasional ini. Kenyataannya, kata Azwar, banyak masyarakat kecewa dengan oknum yang curang dalam seleksi CPNS ini. “Parahnya lagi, kebiasaan buruk ini terus berulang dan sulit sekali hilang,” tukasnya. Dalam rapat Koordinasi Tim Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) seleksi CPNS dan penandatanganan Pakta Integritas sekaligus Penyerahan Master Soal oleh Ketua Tim Pengarah/ Ketua Tim Pelaksana kepada masing-masing Pimpinan Kementerian/ Lembaga Pemerintahan dan Pemerintah Daerah yang lalu, Azwar mengaku sangat bersemangat mendapat dukungan dari kementerian dan lembaga pemerintahan.

Sebab, masih banyak yang tidak percaya dengan sistem rekrutmen CPNS dan bahwa pemerintah bisa b e r u b a h . Ketidakpercayaan masyarakat, kata Azwar, disebabkan banyaknya calo yang berkeliaran. “Jadi memang perlu waktu menghilangkan calo-calo CPNS ini, supaya masyarakat percaya lagi,” ujar Azwar. Ketua Tim Pengarah Panselnas CPNS itu juga mengajak semua stakeholder untuk melakukan perubahan dalam sistem rekrutmen CPNS. Azwar menegaskan, para pejabat di kementerian dan lembaga pemerintahan harus melaksanakan rekrutmen yang lebih baik tahun 2013 ini. “Oleh karena itu, kita harus ubah supaya masyarakat percaya lagi sama kita. Sebagai pejabat negara, saya masih belajar. Gubernur, Bupati serta Walikota di tiap daerah juga harus berkoordinasi dengan baik,” ungkapnya.(wege/ okez/dw)

berlari. Acara Jakarta Marathon merupakan kerja bersama antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Pemuda dan Olahraga, serta Pemprov DKI Jakarta. Acara bertaraf internasional itu mendatangkan pelari sebanyak 5.500, luar atau dalam negeri. Ribuan orang pun tampak memadati lapangan Monas. Kegiatan Jakarta Marathon 2013 terdiri dari beberapa kategori, yakni 5 kilometer, 10 kilometer, Half Marathon (21 kilometer) dan Full Marathon (42 kilometer),

serta Maratoonz yang khusus untuk anak-anak. Adapun pemenang Full Marathon 42 km putra ialah William Chebor asal Kenya dengan waktu 2 jam 14 menit 30 detik. Kompatriotnya Stephen Tum (2:15:35) berada di tempat kedua, dan Chelimo Kipkemoi (2:17:06) di posisi ketiga.Adapun pemenang Full Marathon 42 km putri ialah Mulu Seyfu asal Etiopia dengan catatan waktu 2:42:57. Kedua, Diana Sigei asal Kenya dengan catatan waktu 2:43:39. Ketiga, Mercy Jelimo Foo asal Kenya dengan catatan waktu 2:44:18.(komc)

4 terdakwa ... dari Halaman 1 Atas tuntutan yang diberikan kepada 4 auditor BPK ini, JPU Pingkan Gerungan SH berujar bahwa tuntutan ini sudah berdasarkan fakta persidangan, dimana 4 terdakwa ini tidak menggunakan uang negara dari hasil pengelembungan dana, ketika mereka menjadi panitia dalam pengadaan dan pembelian lahan untuk pembangunan gedung BPK

di Jl 17 Agustus Kelurahan Bumi Beringin Kecamatan Wenang Manado. “Tuntuan ini sudah berdasarkan fakta persidangan, sehingga pihak kami telah memutuskan untuk memberikan putusan tersebut kepada ke 4 terdakwa,” ujar Gerungan. Diperjelas JPU, bahwa yang seharusnya diberikan tuntutan setimpal atas kasus ini adalah pemilik tanah,

KPK ... dari Halaman 1 Wakil Ketua Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Agus Santoso menyampaikan bahwa PPATK menemukan aliran transaksi antara Akil dan kepala daerah atau calon kepala daerah di luar

Jawa. Namun, Agus tidak menyebutkan kepala/ calon kepala daerah yang dimaksudnya itu. Dia mengatakan bahwa PPATK telah menyerahkan kepada KPK data mengenai aliran dana kepala daerah/calon

Foto ... dari Halaman 1 Masing-masing pejabat tinggi negara ini telah dibekali semacam name tag dengan tali untuk dikalungkan kepada 10 pelari pertama yang berhasil masuk garis akhir. Pelari pertama yang sukses masuk garis finis adalah pelari asal Kenya bernama William Chebor dengan catatan waktu 2 menit 14 detik. Marie Elka yang diberi kesempatan pertama untuk memberikan tanda pemenang berhasil mengalungkannya ke leher Chebor

tanpa satu kendala. Untuk pelari kedua, panitia memberi kesempatan kepada Jokowi untuk mengalungkan tanda pemenang bertuliskan nomor 2. Di ujung lintasan, tampak pelari asal Kenya, Steven Tum, terengah-engah menuju garis finis. Seusai melintasi garis, bukannya berhenti, Tum malah terus berlari melewati Jokowi. Alhasil, Jokowi harus mengejarnya dengan berlari agar dapat mengalungkan tanda pemenang tersebut.

Bupati ... dari Halaman 1 “Saya mengetahui, banyak dari para calon pelamar yang ingin melakukan penyogokan (suap, red) terhadap para pejabat yang ada di lingkup Pemkab Bolmut. Dan itu termasuk saya pula yang ingin disogok sebanyak Rp100 juta, agar merka bisa tetap lolos pada perekrutan nanti,” ungkap Depri, Selasa (29/10) kemarin. Namun begitu dia berpendapat, dia sangat membenci cara-cara seperti itu. Sebab perekrutan CPNS di Bolmut, benar-benar harus transparan dan akuntabel. “Jujur saya katakan, saya paling alergi dan sangat membenci cara-cara tersebut (suap, red). Dan jika kedapatan ada yang bermain-main, maka orang tersebut akan diproses, dan pelamar akan langsung dicoret,” tegas Depri. Untuk itu Papa Adit, sapaan akrabnya, menegaskan kepada para panitia dan pejabat yang ada lingkungan Pemkab Bolmut, janganlah sekalikali atau mencoba-coba

DEPRI Pontoh.

untuk menerima penyuapan dari para calon pelamar CPNS. Pemerhati politik dan pemerintahan Sulut Taufik Tumbelaka yang dimintai tanggapan soal kasus ini mengatakan, jika benar Bupati Bolmut coba disuap oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab terkait proses perekrutan CPNS ini, maka Bupati harus melaporkannya ke aparat hukum. “Kalau Bupati tahu dirinya coba disuap, lapor saja ke polisi,” tantang Tumbelaka. Dari Jakarta, Menteri Pendayagunaan Aparatur

Proses ... dari Halaman 1 M a y a n g k a r a menambahkan bahwa tiga item petunjuk yang diminta pihaknya ke polres adalah petunjuk lama dan bukan petunjuk baru, sehingga dalam tahap pertama tersebut tidak jadi persoalan, ketika kejaksaan mengembalikan berkas dengan status P18 P19. “Itu bukan petunjuk baru, tapi petunjuk lama yang belum dipenuhi. Bagaimana kita tidak kemabalikan,” tukasnya. Tak puas dengan pernyataan Mayangkara, para awak media ingin konfirmasi langsung kepada Kajari. Namun kurang lebih satu jam menunggu, Ering tak kunjung menemui wartawan, dan hanya asyik berbincang dengan salah satu Kepala Bidang Kejari Kotamobagu. Akan hal ini, sejumlah awak media di Kotamobagu pun menilai Ering menghindari upaya konfirmasi kasus–kasus yang sementara ditangani,

termasuk kasus TPAPD Bolmong. Diketahui, dalam kasus ini, berkas tersangka MMS alias Marlina—mantan Bupati Bolmong—, dikembalikan lagi pihak Kejari Kotamobagu ke Polres Bolmong dengan status P18 dan P19, pada 7 Oktober 2013 lalu, setelah Tahap 1 sudah diterima Kejari sebanyak tiga kali dari polres, yakni pada tiga bulan berbeda, dengan alasan belum lengkap. Namun Kapolres Bolmong AKBP Hisar Siallagan yang dimintai keterangan melalui Kasat Reskrim AKP Iver Manossoh meminta agar masyarakat memahami kinerja Polres Bolmong yang sedikit personil dan dengan kasus yang cukup banyak. “Terkait berkas tersangka, belum pasti kapan akan dikembalikan lagi ke pihak Kejari, karena sedang dalam proses untuk m e l e n g k a p i , ” ujarnya.(try26/dw)


RABU 30 OKTOBER 2013

SULUTRON

Sekkot Kotamobagu himbau percepat dana serapan GUNA percepatan penyerapan, terkait dana serapan, dan program 100 hari kerja. Pemerintah Kota Kotamobagu (KK) kembali mengelar rapat evaluasi yang dilakukan ruang aula kediaman Walikota Kotamobagu, Selasa (29/10) kemarin. Kinerja jajaran yang terlibat dalam pembangunan, sesuai tingkatan karier birokrasi pun, Pemerintah Kota Kotamobagu sepertinya berpeluang melakukan tes kualitas manusia. Hal ini disampaikan Sekretaris Kota (Sekot) Kotamobagu Drs H Mustafa limbalo, bahwa pertemuan tersebut memang di fokuskan untuk evaluasi terkait kegiatan yang seharusnya perlu dilakukan sesuai dengan petunjuk teknis. “Iya, itu rapat evaluasi kegiatan, melihat hal–hal mana yang perlu digiatkan,” ujarnya. Sedangkan untuk serapan dana menggingat periode berjalan hampir selesai, Lombalo pun kembali mengimbau agar proses tersebut segera dilakukan. “Kita melihat juga serapan dana. Untuk itu saya mengimbau, merampungkan proses percepatan penyerapan,” tegas Limbalo. Namun ketika di tanyakan terkait sumber daya manusia yang ada dilingkup pemerintah Kotamobagu, Sekkot menyampaikan kembali bahwa hal itu sudah mendapatkan solusi menggingat beberapa SKPD masih dalam tugas penyelesaian program kerja 100 hari pemerintah TB-JaDI, namun untuk uji kualitas manusia kedepan akan di perhatikan. “Sumber daya masih minim, saya kira tinggal ditingkatkan, dengan mengikutsertakan ke diklat, karena saat ini kita masih masih mennyelesaikan program kerja 100 hari. Namun ditahun 2014 perlu juga, untuk uji dan tes kualitas manusia,” tutupnya.(try26)

Sulut Demo KNPI Sulut dinilai ”abal-abal” Protes PLN, Jacko disebut cuma cari popularitas saja

JACKSON Kumaat.

Manado—Niat Ketua DPD KNPI Sulut Jackson Kumaat melakukan aksi demonstrasi di PT PLN Suluttenggo, Selasa (29/10) kemarin, dinilai aneh oleh sejumlah elemen, khususnya pemuda

itu sendiri. Bahkan tak sedikit nada miring yang menuding bahwa demo tersebut “abal-abal”, apalagi disebut aksi yang dilakukan Jacko—sapaannya—itu tidak memiliki legitimasi dari organiasi kepemudaan itu sendiri. “Dasar apa dia (Jacko, red) bikin demo. Apakah ada keputusan dari rapat KNPI Sulut menggela demo. Itu cuma maunya dia sendiri. Tujuannya untuk mencari popularitas. Kan caleg katu toh,” ujar Wakil Sekretaris

DPD KNPI Sulut Harold Lumempow SH, di Kantor Deprov Sulut, sore kemarin. Dikatakanya, sebagian besar pengurus KNPI Sulut tidak tahu dengan aksi demo ini. Bahkan lanjut dia, terkait kepemimpinan Jacko di KNPI Sulut dinilai tidak berkembang. “Sudah 3/4 pengurus KNPI Sulut tidak suka dengan kepemimpinan Jacko, sehingga kami minta supaya segera digelar musda pergantian ketua,” tukas Lumempow. Di tempat yang sama,

pengamat politik dan pemerintahan Taufik Tumbelaka melihat, selain aksi demo Jacko terhadap PLN kemarin hanya mencari popularitas semata, Jacko juga belajar demo. “Biarkan saja dia demo. Kasiang, mungkin katu sementara belajar ba demo,” sindir Tumbelaka. Diketahui, Jacko dan beberapa rekannya menggalir aksi demonstrasi ke PLN, memprotes sering terjadinya pemadaman listrik akhir-akhir ini. Jacko sendiri ketika coba dikonfirmasi melalui BlackBerry Messenger (BBM), hingga berita ini diturunkan, tidak ada jawaban.(dewe)

APBD 2014

Lima fraksi pangkas anggaran perjalanan dinas

Wabup Mitra lantik 6 penjabat kumtua SEDIKITNYA 6 hukum Tua (kumtua) di wilayah Kabupaten Mitra Selasa (29/10) kemarin, dilantik Wakil Bupati Ronald Kandoli. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan penyelenggaraan pemerintahan di desa. Dalam arahannya Kandoli, mengharapkan kinerja maksimal dari penjabat yang baru saja dilantik. Agar penyelenggaraan pemerintahan di desa berjalan dengan baik, terutama dalam pelayanan kepada masyarakat. “Tingkatkan pelayanan kepada masyarakat, dan sosialisasikan kepada masyarakat, semua program pemerintah, agar masyarakat tahu pembangunan apa saja yang dilaksanakan pemerintah,” ujar Kandoli. Sementara itu, 6 kumtua yang dilantik, masingmasing Kumtua Desa Tonsawang Kecamatan Tombatu Beydi Dokal, Desa Tombatu Dua Saul Kelli Dalos, Desa Kuyanga Satu Daniel Mangeber SPt (Kecamatan Tombatu Utara ), Desa Wioi Timur Adrie Goni, Desa Pangu Dua Darius Tarumingi (Kecamatan Ratahan Timur), Desa Molompar Utara Kecamatan Belang Fredi Kumesan. Hadir dalam pelantikan, Bupati Mitra James Sumendap SH, Sekkab Ir BA Tinungki MEng, Kaban PMD Drs Desten Katiandago SH, Kaban BKDD Phebe Punuindoong SH serta para Sekdes PNS seMitra, yang bertepatan mengadakan pertemuan dengan Bupati James Sumendap SH dan Wabup Ronald Kandoli.(esel)

WAKIL Bupati Mitra Ronald Kandoli melantik 6 penjabat kumtua.(foto:ist)

RAPAT Banggar Deprov Sulut dengan TAPD Pemprov Sulut, terkait KUA-PPAS APBD Sulut 2014. Rapat digelar di ruang Rapat I Kantor Deprov Sulut, Selasa (29/10) kemarin.(foto: donny/sk)

Manado—Badan Anggaran (Banggar) Deprov Sulut bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemprov Sulut, pada Selasa (29/10) kemarin, kembali melanjutkan pembahasan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (PPAS) APBD 2014. Rapat yang dipimpin Ketua Deprov Sulut selaku Ketua Banggar Meiva Lintang STh, digelar di ruang Rapat I Kantor Deprov Sulut. Sementara TAPD dikomandoi Sekprov Sulut Ir SR Mokodongan. Menarik dalam rapat tersebut, lima dari enam fraksi sepakat memangkas anggaran perjalanan dinas, baik anggaran perjalanan dinas legislator Deprov Sulut itu sendiri maupun anggaran perjalanan dinas Satuan Kerja Perangkat

Daerah (SKPD) Pemprov Sulut. Empat fraksi itu yakni Fraksi PDIP, Fraksi Partai Golkar (FPG), Fraksi Partai Demokrat (FPD), Fraksi Barisan Indonesia Raya (FBarindra), dan Fraksi PDS. Melalui ketua fraksi masing-masing, yakni Ketua FPDIP Djenri Keintjem, Ketua FPG

Eddyson Masengi, Ketua FPD Jhon Dumais, Ketua FBarindra Herry Tombeng, dan Ketua FPDS Arthur Kotambunan, mereka sepakat supaya anggaran perjalanan dinas dipangkas. “Kalau bisa 25 dampai 50 persen. Alihkan anggaran perjalanan dinas di 2014 itu ke anggaran publik,” ujar

mereka. Satu-satunya fraksi yang ragu-ragu memangkas anggaran perjalanan dinas tersebut yakni Fraksi Persatuan Nasional (FPN). Pasalnya, tak ada satupun anggota Banggar dari FPN ikut memberikan tanggapan, karena hanya diam selama pembahasan.(dewe)

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

3

TAPAL BATAS

Minahasa-Tomohon segera menuntaskan batas daerah

TIM Pemprov Sulut saat meninjau tapal batas Minahasa-Tomohon di PABU 49 Kasuang.(foto: ist)

Manado—Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Sulut Edwin Silangen SE MS, atas nama Gubernur Dr Sinyo Harry Sarundajang, menghimbau Pemkab Minahasa dan Pemkot Tomohon untuk segera menuntaskan batas wilayah, khususnya yang berada di Pilar Acuan Batas Utama (PABU) 49 di Kasuang, karena sampai saat ini, kedua pemerintahan belum ada kesepakatan bersama. Mencermati situasi saat ini yang berpotensi terjadinya konflik antar daerah, maka Silangen menyampaikan hal-hal sebagai berikut, bahwa penetapan batas daerah antar Minahasa dan Tomohon masih terdapat PABU 49 yang terletak di daerah Kasuang yang belum ada kesepakatan. “Sehubungan dengan itu, dalam rangka menghindari kemungkinan terjadinya konflik, maka dihimbau kepada pemerintah setempat untuk tidak melakukan kegiatan atau aktifitas fisik sampai dengan adanya kesepakatan antara kedua bela pihak,” ujarnya, Selasa (29/10) kemarin. Dikatakan pula, bahwa dalam rangka menghindari terjadinya konflik, maka dimintakan pemerintah kedua bela pihak untuk masing-masing menjaga keamanan dan ketertiban, serta mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menciptakan suasana yang dapat menimbulkan konflik

antar daerah. “Serta diharapkan kedua pemerintah agar dapat berkoordinasi dengan aparat keamanan guna mengantisipasi tindakan profokasi yang dapat memicu konflik antar masyarakat,” ujar Silangen. Karo Pemerintahan dan Humas Pemprov Sulut DR Noudy RP Tendean SIP MSi mengakui, pemprov sendiri tahun 2013 ini sudah beberapa kali melakukan peninjauan lapangan di PABU 49 Kasuang. Bahkan dalam peninjau terakhir pada April 2013 lalu yang dihadiri pula Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang dan Sekkot Tomohon Arnold Poli di Kasuang, dimana dalam pertemuan tersebut belum ada kesepakatan di PABU 49 tersebut. “Namun demikian, pemprov akan terus memfasilitasinya sampai ada kesepakatan bersama dari kedua bela pihak,” ujar Tendean, didampingi Kabag Pemerintahan Drs Lucky Taju MSi, Kasubag Pemerintahan Umum Christian Iroth SSTP, serta Kasubag Penerangan dan Publikasi AY Rambing SSos. Diketahui, pada Selasa kemarin Pukul 14:00 juga di Swiss Bellhotel Maleosan Manado, Direktur Wilayah Administrasi Perbatasan Ditjen PUM Kemendagri Eko Subowo memimpin pertemuan dengan pemerintah kabupaten/kota yang belum adanya penyelesaian batas daerah.(erer)

APBN 2013

Pengelola dana dekon dan TP tidak profesional Manado—Sampai akhir triwulan III tahun 2013 ini, realisasi keuangan dana APBN 2013 di Sulut telah mencapai 52,39% atau s e n i l a i Rp3.787.351.816.390, dari total Rp7.229.515.594.000. Dengan perincian, realisasi dana dekonsentrasi m e n c a p a i

Rp120.940.827.000 atau 54,17 persen dari total a n g g a r a n Rp223.265.201.000. Untuk dana tugas pembantuan, realisasi keuangan masih di bawah 50 persen yaitu 43,93 persen dari total a n g g a r a n Rp340.892.000.000. Sedangkan untuk dana

urusan bersama, tingkat serapan sudah sebesar 60,16 persen atau sebesar Rp122.812.60. “Dalam evaluasi tersebut, khusus untuk dana dekonsentrasi ada tiga satker yang masih nol persen serapan dana. Ketiga satker tersebut berada di unit kerja Inspektorat, Dinas Sosial dan Dispora Sulut,” ujar Kepala Bappeda Sulut Ir Roy Roring MSi. Untuk itu, Wakil Gubernur Sulut Dr Djouhari Kansil MPd berharap kepada seluruh pengelola dana dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan (TP) harus profesional, supaya di kemudian hari tidak akan berurusahan dengan masalah hukum. “Saya berharap untuk tahun

kedepan, pelaksanaan anggaran tahun 2014, dibutuhkan staf pengelola yang profesional sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi), sehingga pelaksanaan program kegiatan bisa terlaksana sesuai dengan harapan,” tukas Kansil. Mengingat saat ini tinggal 45 hari di Triwulan IV, semester II, maka diupayakan kepada satuan kerja (satker) pengelola dana APBN untuk memacu program/kegiatan yang belum terserap, atau belum terlaksanakan di satker masing-masing. “Bagi satker dan kabupaten/kota yang mendapatkan alokasi dana dekonsentrasi dan TP yang realisasinya sampai dengan semester IV

DJOUHARI Kansil.

triwulan II tidak sesuai dengan harapan, maka gubernur sebagai wakil pemerintah di daerah akan memberikan sanksi berupa teguran kepada satker dan kabupaten/kota yang bersangkutan, dan akan diteruskan kepada kementerian atau lembaga masing-masing,” tandas Wagub.(dewe)

ADI CIPTA TECHNOLOGY Dengan semakin tingginya harga raw material, energy listrik dan bahan bakar, kami menawarkan solusi untuk bisa membantu menurunkan biaya produksi dengan: 1. 2. 3. 4. 5.

Merancang dan Memperbaiki Sistem Otomatisasi Mesin Produksi Maintenance Mesin-mesin Produksi Perbaikan Production Effesiency Mesin Kemasan dan Filling Loss and Waste Analysis Productivity Saving Solution (energi saving, water saving, air pressure saving, dll)

PENGALAMAN: Maintenance, Perbaikan dan Mengoperasikan Mesinmesin Kemasan dan Filling: SIDEL, SIPA, KRONES, KOSME, BARDI, SARMI, SARCMI, ALSIM, HAYASI, APM, CAPSNAP, GABLER, REFENHAUSER, ARBURG, NISEI ASB, HUSKY. Kami ada di Sulawesi Utara sehingga tidak memerlukan biaya transportasi pesawat dan akomodasi penginapan kecuali di luar Manado-Bitung.

Hubungi: MIRA ADI 081375833223


RABU 30 OKTOBER 2013

KASUS TIPIKOR

Kapolri Sutarman perintahkan Polda intesifkan penanganan PASCADILANTIKNYA Kapolri yang baru dari Jenderal Timur Pradopo kepada Jenderal Sutarman, Jumat (25/10) pekan lalu, kini jajaran Polri yang tersebar di seluruh daerah, diminta untuk meningkatkan profesionalitas kerja dalam melayani masyarakat serta menuntaskan semua kasus yang ditangani Polri. Bahkan, untuk mengetahui perkembangan kasus dan sistem yang diterapkan dijajarannya, Selasa (29/10) kemarin, Kapolri langsung menggelar Teleconference yang diikuti oleh seluruh jajaran pimpinan Polda. Hal tersebut dilakukan, agar program Polri dalam melayani masyarakat dapat tercapai dengan baik. Terkait hal ini, Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Robby Kaligis, melalui Wakapolda Kombes Pol Charles Ngili, ketika diwawancarai mengatakan, tujuan teleconference tersebut merupakan salah satu bagian alat kontrol untuk memaksimalkan kinerja Polri di daerah. Selain itu, program Kapolri yang disampaikan dalam teleconference tetap sama dengan Kapolri lama, karena hanya meneruskan program Polri yang telah tertata sebelumnya. Meski demikian, ada pekerjaan yang ditegaskan Kapolri yakni, seluruh Polda harus memaksimalkan penyelesaian kasus serta anggota Polri yang tersebar di seluruh daerah, diminta menunjukkan sikap yang baik dan tidak bertindak arogan. “Pak Kapolri menyampaikan program yang harus dilaksanakan ke depan. Intinya, pimpinan Polri tetap meneruskan program Kapolri yang lama saja. Namun ada penegasan yang disampaikan pak Kapolri yang baru, bahwa keberadaan Polri di masyarakat harus benar-benar menjadi teladan yang baik. Beliau menjabarkan lagi soal Polisi sebagai pengayom, pelindung dan melayani masyarakat sebagai sahabat dan penolong serta tidak menunjukkan sikap arogan,” ungkap Ngili, usai mengikuti Teleconference di Mapolda Sulut, bersama pejabat utama Polda dan para Kapolres. Lebih lanjut Ngili mengungkapkan, selain disiplin Polri dan pelayanan kepada masyarakat di lapangan, Polda juga harus memperhatikan perkembangan penanganan kasus maupun situasi di wilayah masingmasing. Tak hanya itu, Ngili menjelaskan bahwa eks Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri itu juga menegaskan kepada Polda jajarannya, agar efektif menangani kasus street crime dan korupsi yang marak terjadi. Sebab, dari hasil evaluasi kasus tersebut mengalami peningkatan yang cukup signifikan. “Kapolri memberikan penegasan di seluruh jajaran Polda, untuk segera menuntaskan penanganan kasus yang menjadi perhatian dan meresahkan masyarakat. Seperti kasus perjudian, kejahatan jalanan serta kasus yang merugikan negara termasuk korupsi. Beberapa hal ini harus dituntaskan, karena menjadi attensi pimpinan. Kami berharap jajaran Polda dapat memperhatikan penegasan ini, karena kita akan evaluasi bersama,” tegasnya.(erel)

Yustisia 4 Eks calon Walikota Tomohon bakal ditahan Polda Sulut SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

Adare: Jika semua unsur terpenuhi dan dibuktikan, harus ditindak tegas Manado—Kasus dugaan penipuan berbanderol miliaran rupiah dengan terlapor oknum eks calon Walikota Tomohon yang saat ini duduk sebagai legislator di Dekot Tomohon yakni lelaki JM alias Jef, rupanya tengah memasuki babak baru. Menariknya lagi, kasus yang ditangani penyidik di Subdit IV Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Sulut itu, telah menetapkan oknum wakil rakyat tersebut sebagai orang yang harus bertanggung jawab dalam kasus ini. Dengan demikian, pasca ditetapkan tersangka, oknum anggota dewan tersebut dikabarkan

segera mendekam dibalik jeruji besi. Informasi yang didapat dari sumber di Mapolda Sulut, Selasa (29/10) kemarin, menyebutkan, untuk melancarkan proses penanganan kasus ini, penyidik telah mengirim Surat Ijin Pemeriksaan (SIP) kepada Gubernur Sulut, DR SH Sarundajang, agar secepatnya tersangka yang diketahui dari Fraksi Golkar itu dapat diperiksa. Meski demikian, menurut sumber, pemeriksaan masih menunggu persetujuan Gubernur Sulut dengan menanda tangani SIP yang dikirimkan. Menariknya lagi, sumber memberikan sinyal bahwa setelah diperiksa, tersangka bakal

langsung dijebloskan ke dalam Rumah Tahanan (Rutan) Mapolda Sulut, untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya. “Pemeriksaan perdana sebagai tersangka, masih menunggu persetujuan SIP dari Gubernur. Karena ini aturan hukum, jadi harus kita laksanakan sesuai prosedur. Kalau sudah dipanggil dan bersangkutan tidak hadir, kita akan melakukan upaya lanjut. Namun jika panggilan tidak diindahkan, tersangka bisa kita jemput paksa dan diamankan untuk kepentingan penyidikan,” tegas sumber penyidik berpangkat Perwira Menengah (Pamen), kepada Swara Kita, kemarin siang.

Sementara itu, Kapolda Sulut Brigjen Pol Drs Robby Kaligis, melalui Kabid Humas AKBP Denny Adare STh, ketika dikonfirmasi wartawan, membenarkan proses penyidikan kasus penipuan tersebut. Juru bicara Polda Sulut itu menegaskan, kasus ini akan dituntaskan pihaknya sesuai ketentuan hukum yang berlaku. “Kalau melanggar hukum dan jika semua unsur penanganan kasus sudah terpenuhi dan dibuktikan, tentu harus ditindak tegas sesuai hukum,” tegas Adare. Sebelumnya, sumber mengatakan, bahwa apabila tidak ada itikad baik dari terlapor untuk mengganti rugi, maka terlapor pasti ditetapkan tersangka. Menurut sumber, setelah keterangan dari para saksi dan bukti telah mencukupi, maka kasus ini segera

TRAFFICKING

Brigita divonis 3 tahun penjara

PENGANIAYAAN

Warga Singkil dikeroyok dan dibuang ke selokan SIAL nasib yang dialami oleh lelaki Hamza Pajanggo (48) warga Singkil I Kecamatan Singkil. Pasalnya, korban yang berprofesi sebagai karyawan swasta, sekitar pukul 24.00 Wita, Selasa (29/10) kemarin, dianiaya oleh sekelompok pemuda yang belum diketahui identitasnya. Lebih memiriskan lagi, usai korban dianiaya tubuh korban ditelanjangi dan dibuang ke dalam selokan. Tidak terima dengan perbuatan dari para pelaku, akhirnya korban memilih untuk membawa kasus ini ke Polresta Manado selang beberapa jam kemudian. Dihadapan petugas Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) Polresta korban mengungkapkan peristiwa yang dialaminya. Dimana bermula pada saat itu korban hendak pulang ke rumahnya dan bermaksud menumpang ojek, di Tempat Kejadian Perkara (TKP) Kelurahan Kombos Barat Kecamatan Singkil. Kemudian sementara korban sedang menunggu ojek lewat, tiba-tiba dari arah kira-kira berjarak 20 meter, korban melihat ada sekelompok orang sedang mendekat ke arah korban. Namun pada saat itu, korban tidak menyangka kalau sekelompok orang ini akan menganiaya dirinya, sehingga korban tidak beranjak dari tempatnya. Akan tetapi ketika sekelompok orang yang tidak dikenal ini berada semakin dekat, salah satu dari mereka sempat bertanya kepada kalau korban tinggal dimana. Atas pertanyaan dari salah satu dari sekelompok orang yang diperkirakan masih berstatus pemuda, korban pun membalas pertanyaan dari pemuda tersebut dengan mengatakan kalau korban tinggal di Singkil I. Sesudah itu, pemuda yang menanyai korban sempat berbisik-bisik kepada salah satu temannya. Usai berbisik-bisik, tanpa banyak tanya dan alasan yang jelas, tiba-tiba korban langsung saja dikeroyok, dan pakaian korban disobek sampai korban tidak memakai sehelai benang pun. Usai melakukan tindak kekerasan yang tidak terpuji itu, para pelaku melarikan diri. Namun sebelum itu tubuh korban sempat didorong ke selokan, dan dengan terpaksa tanpa menggunakan sehelai benang pun di tubuhnya, korban berusaha mencari pertolongan di dekat TKP. Kapolresta Manado Kombes Pol Drs Sunarto ketika dikonfirmasi melalui Kasubag Humas AKP Jhonny Kolondam, membenarkan adanya laporan dari korban.(rees)

BERITA KEHILANGAN BPKB TELAH HILANG SEBUAH DOKUMEN BERUPA BUKU PEMILIK KENDARAAN BERMOTOR (BPKB) ATAS NAMA NAMA PEMILIK ALAMAT

: Drs. Jopie Sondakh : Kel. Malalayang 1 Barat Lingk. 1 Manado MERK/TYPE : Toyota Kijang KF 40 JENIS MODEL : Station Wagon TAHUN PERAKITAN : 1993 TAHUN PEMBUATAN : 1993 ISI SILINDER : 1468 WARNA : Biru NO. RANGKA/NIK : KF40137362 NO. MESIN: 5K9171285 NO. BPKB : 08462335

BRIGITA Poluan divonis 3 tahun penjara, denda Rp120 juta subsider 3 bulan.(foto:onal/sk)

Manado—Setelah dituntut 5 tahun penjara, akhirnya terdakwa dalam kasus perdagangan orang (trafficking) Brigita Poluan divonis 3 tahun penjara, denda Rp120 juta subsider 3 bulan oleh Ketua Majelis Hakim, Novrry Oroh SH dalam persidangan yang digelar Selasa (29/10) kemarin di Pengadilan Negeri (PN) Manado. Dengan bahan pertimbangan dari putusan tersebut, Majelis Hakim menerangkan bahwa ketika terdakwa melakukan perbuatannya, Negara lagi giat-giatnya membasmi para pelaku perdagangan manusia dan tindakan dari terdakawa sangat

meresahkan masyarakat. “Hukuman 3 tahun penjara ini sudah tepat. Dengan pertimbangan yang kami berikan, dimana perbuatan dari terdakwa sangat diatensi oleh Negara serta sangat meresahkan. Kemudian untuk bahan pertimbangan meringankan terdakwa belum pernah pernah menjalani proses hukum sebelumnya, dan bersikap sopan selama dalam persidangan,” tandas Oroh. Sekedar diketahui, seperti yang didakwakan JPU bahwa perbuatan tersebut dilakukan terdakwa pada 16 Februari 2013, bertempat di Kelurahan Sario Utara Kecamatan

Sario. Kala itu, terdakwa mengajak kedua saksi korban untuk bertemu. Saat bertemu dengan kedua saksi korban, terdakwa pun menawarkan keduanya untuk bekerja di cafe Sario dengan cara menemani para tamu minum-minum. Mereka pun akan digaji sejumlah Rp300 ribu. Selain gaji, mereka juga akan dibayar Rp25 ribu dan premi dari setiap botol minuman yang di minum para tamu sejumlah Rp5 ribu. Para saksi juga dirayu terdakwa untuk pekerjaan yang sama, namun bertempat di Nabire Papua. Para saksi korban pun termakan dengan rayuan

terdakwa. Dengan biaya akomodasi dan transportasi ditanggung oleh terdakwa, keduanya pun bertolak ke Nabire Papua dengan menggunakan kapal Dorolonda melalui pelabuhan Bitung. Sesampainya di Nabire, kedua saksi korban dijemput oleh terdakwa yang telah terlebih dahulu sampai. Tak selang berapa lama, perilaku terdakwa itu pun diketahui oleh petugas kepolisian. Terdakwa pun kemudian langsung diamankan dan dijerat berdasarkan pasal ayat (1), Undang-Undang Nomor 21 tahun 2007 tentang tindak pidana perdagangan manusia.(rees)

KASUS PEMBUNUHAN

Ateng terima diganjar 3,6 tahun penjara Manado—Perilaku sadis SWDM alias Ateng (16) akhirnya berbuah pahit. Perbuatannya yang telah menghabisi nyawa almarhum Christian Wakulu akhirnya dihadiahi oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Manado dengan pidana penjara selama 3 tahun dan enam bulan penjara. Hal

SEDOT WC SEDOT WC (TINJA) WC TERSUMBAT Hubungi

0813 5604 0118 0823 4906 4118 Anda butuh pupuk organik? Kami berikan

GRATIS...

tersebut pun terungkap dalam sidang yang digelar Selasa (29/10) kemarin dengan agenda putusan. Dalam amar putusannya, Hakim Tunggal Willem Rompies SH menyatakan terdakwa yang masih dibawah umur ini terbukti bersalah melakukan pembunuhan terhadap korban. “Menyatakan terdakwa secara sah dan meyakinkan terbukti bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana yang diatur dalam Pasal 338 KUHP Pidana junto Pasal 56 ayat (1) ke-2 KUH Pidana,” tandas Rompies. Putusan tersebut pun pantas disyukuri warga Kelurahan Titiwungen Selatan Kecamatan Sario ini. Pasalnya, putusan tersebut jauh lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut

Umum (JPU). Dimana sebelumnya, JPU Sylvi Hendrasanti SH menuntut terdakwa dengan pidana penjara selama 6 tahun dan 6 bulan. Atas putusan itu pun, terdakwa langsung menyatakan menerima, berbeda dengan JPU yang menyatakan pikir-pikir selama 7 hari. Sekedar diketahui, kejadian sadis tersebut dilakukan terdakwa bersama dua rekannya pada bulan Agustus silam di Jl Samrat, tepatnya di depan toko Saint City Kelurahan Titiwungen Kecamatan Sario. Kala itu, terdakwa bersama dengan temantemannya yang sedang asik pesta minuman keras (miras) diajak saksi Rivai Kolondam alias Itei untuk jalan-jalan. Namun, dengan maksud untuk menjaga diri,

senjata tajam (sajam) jenis panah wayer yang disimpan di sebuah tas berwarna coklat tua dibawa oleh terdakwa. Dengan menggunakan sepeda motor milik saksi Julio Kowaas, terdakwa bersama saksi Itei kemudian menuju ke depan toko Saint City dengan tujuan untuk berpesta miras. Saat sampai di depan toko, keduanya kemudian masuk ke lantai dua toko tersebut dan mengadakan pesta miras. Tak lama berselang, terdakwa keluar dari ruang itu. Terdakwa pun mendapati saksi Itei sedang berbincang dengan rekannya yang kemudian ikut mengobrol. Tiba-tiba, korban yang datang dengan mengendarai sepeda motornya menaikkannya di trotoar tempat terdakwa dan

dinaikkan ke tahap sidik. “Kalau melihat kasusnya, terlapor sudah tersangka. Tapi kami masih kembangkan dengan pemeriksaan saksi-saksi. Dan kalau tidak ada ganti rugi, langsung ditetapkan tersangka,” ungkap sumber penyidik Jatanras, belum lama ini. Tak hanya itu, hal menarik pasca oknum legislator tersebut ditetapkan sebagai tersangka, wakil rakyat ini membantah jika ia terlibat dalam kasus penipuan ini. Bahkan ketika ditanya terkait istrinya yang dijemput paksa pihak penyidik Subdit Jatanras Polda Sulut, karena hingga panggilan kedua sang istri tak kunjung hadir memberikan keterangan, dengan tegas JM menyatakan bahwa informasi yang diberikan penyidik tidaklah benar. “Hahaha..siapa yang jemput paksa. Ngawur itu. Itu

keliru,” bantah JM, kepada wartawan pos liputan Polda Sulut, via SMS belum lama ini. Diketahui, kasus ini dilaporkan oleh Ibu I Waleleng, warga Tondano. Dia membawa kasus ini ke ranah hukum karena merasa dirugikan terlapor yang belum mengembalikan pinjaman uang sekitar Rp4,1 miliar. Modus terlapor meminjam uang dengan iming-iming akan menggantinya setelah proyek selesai. Namun setelah ditagih, terlapor tak mau mengganti uang pinjaman dan hanya memberikan sertifikat. Sayangnya, nilai sertifikat tidak sesuai dengan objek pinjaman. Saat korban hendak mengambil alih lahan yang terterah pada sertifikat tersebut, terlapor tak mau keluar dari lahan tersebut dengan alasan belum terhitung dengan bangunan yang ada.(erel)

PROYEK LAMPU 26 M

PAMI: Jangan kaget dipanggil Kejaksaan Manado—Proses tender proyek pengadaan lampu jalan bersumber dari anggaran murni APBD Manado tahun 2013 yang berbandrol Rp26 miliar di Dinas Tata Kota (Distakot) Kota Manado, dinilai oleh Ketua Pelopor Angkatan Muda Indonesia (PAMI) Romy Fredy Rumengan sangat menabrak aturan. Tak heran Rumengan mengingatkan agar pihak yang terkait dalam proses kegiatan pengadaan lampu jalan tersebut jangan kaget jika satu waktu dipanggil Kejaksanaan. “PAMI warning ke pihak ketiga sebagai pemenang tender (PT Bunga Tanjung Raya) agar jangan kaget apabila di kemudian hari terus dipanggil dan diperiksa Kejaksaan atau aparat hukum lainnya,” terang Rumemang, Rabu (29/30) kemarin. Disatu sisi, Rumengan menyatakan, kuat dugaan proses tender tersebut sarat dengan kepentingan 2014. “Artinya proses tender tersebut tidak layak atau bertabrakan dengan aturan pelelangan. Bisa dilihat sendiri jika batas waktu pelaksanaan kegiatan hanya sampai tanggal 15 Desember 2013 mendatang. Artinya bisa dikatakan kegiatan fisik hanya efektif kurang lebih sebulan terhitung dari tanggal 1 November 2013 yang adalah habis masa sanggah. Nah, pertanyaan kami apakah sempat kegiatan dengan uang senilai Rp26 miliar rupiah itu dengan memasang 700 titik lampu jalan bisa selesai? Mudah-mudahan saja bisa tepat waktu,” kata Rumengan. Rumengan juga menduga ada campur tangan oknum Dekot Manado yang sengaja menyetujui untuk kepentingan pilcaleg 2014 nanti. “Ada kesan proyek ini sengaja dipaksakan oleh oknum Dekot. Karena

proyek itu itu tentunya harus ada persetujuan Dekot. Artinya ini tidak lari dari peran Dekot dan Ketua Dekot Denny Sondakh. Karena yang kami takutkan adalah keputusan yang mereka ambil ini akan berimbas pada kualitas kerja nanti karena kejar waktu,” jelasnya. Sebelumnya, Rumengan sedikit membeberkan kalau lelang proyek pengadaan lampu jalan sebenarnya pada bulan April-Mei 2013 lalu, tapi ketika brosur diajuan ke pabrik ternyata dibawah harga pasaran. “Kemudian untuk mencocokan harga pasaran, sebenarnya dari pihak panitia lelang masih ada waktu 15 hari untuk mencari harga pas dengan pabrik waktu itu. Hanya timbul pertanyaan kami, kenapa tidak diketuk pada bulan April-Mei itu. Untuk itu dugaan PAMI makin kuat proyek ini sengaja diulurulur untuk kepentingan oknum legislatif 2014,” tambah Rumengan. Kadis Tata Kota Manado Benny Mailangkay yang didampingi PPK Ir Maria Angkow yang dikonfirmasi kemarin mengakui proses tender telah usai dan pemenangnya telah diumumkan yakni PT Bunga Tanjung Raya yang berada di Jakarta. “Saat ini masuk masa sanggah sejak tanggal 28 Oktober hingga 1 November 2013,” terangnya. Mailangkay pun menyebutkan, jika proyek ini dijalankan tentunya waktu pelaksanaan kegiatan fisik hanya bisa sampai tanggal 15 Desember. “Efektif bisa dikatakan satu bulan pekerjaan. Saya berharap pihak ketiga bisa memenuhi semua persyaratan hingga pelaksanaanya tepat waktu. Tapi kalau soal ada titipan pemenang tender itu saya tidak tahu,” kunci Mailangkay.(teem)

temannya mengobrol. Korban lalu menghampiri saksi Itei dan memukul bagian punggungnya. Korban pun mencoba menghindar dari terdakwa, namun diteriaki terdakwa dengan kata-kata ‘ta tikang pa ngana’. Nah, atas katakata itulah kemudian terdakwa mengambil panah wayer yang dibawanya, lalu dengan menggunakan pelontar melepaskan panah wayer

tersebut ke arah terdakwa. Panah wayer itu pun bersarang di tubuh korban. Rekan terdakwa yakni JT alias Jeri dan AM alias Apri juga meminta panah wayer yang dibawa terdakwa untuk menyerang korban. Korban pun kemudian melarikan diri. Ironisnya, walaupun sempat dilarikan ke rumah sakit dan dirawat selama 12 jam nyawa korban tidak bisa diselamatkan.(rees)


RABU 30 OKTOBER 2013

Pendapat

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

5

SWARA KAMI

SWARA ANDA

Hanya merdu retorika

Rakyat, mangsa politik

HARAP pada penjelasan pemerintah, seluruh rakyat akan memperoleh gambaran yang utuh dan objektif tentang masalah-masalah mendasar yang dihadapi republik ini.. Umbar penjelasan “katanya” disertai fakta dan data, agar rakyat lebih memahami ragam dan kompleksitas permasalahan yang dihadapi negeri ini, serta upaya apa saja yang kita lakukan untuk mengatasinya. Dengan demikian, diharapkan rakyat dapat mendudukkan masalah secara proporsional, dan semua orang di negeri ini dapat terbebas dari berbagai berita yang menyesatkan dan tidak akurat. Contoh nyata yang pernah diumbar lebih dari dua tahun lampau. Pemerintah menganggarakan dana besar, bantuan langsung tunai pada sebesar 18,8 triliun rupiah untuk 19,1 juta keluarga di negeri bernama Indonesia ini. Tahun berikutnya dilakukan program bantuan langsung tunai bersyarat untuk memutus rantai kemiskinan antar generasi bagi 500 ribu rumah tangga miskin di 7 propinsi, 51 kabupaten, 348 kecamatan. Bantuan ini mencakup bantuan tetap, bantuan pendidikan, bantuan kesehatan, dengan rata-rata bantuan per rumah tangga sebesar 1,39 juta rupiah. Mengapa rantai kemiskinan itu tak juga putus? Mengapa daya beli masyarakat justru semakin melorot? Harga sudah berlomba-lomba naik mengiring naiknya harga bahan bakar minyak. Kita nanti akan tahu apa ujung dari cerita ini bila kemiskinan masih terus dipelihara dan terus disuapi. Ujungnya yaitu ketergantungan, tak lain! Bicara yang diglobalisir, katanya tentang sebuah logika dalam data dan fakta, tentang kita semua, tentang apa yang dirasakan. Padahal yang dirasakan rakyat miskin sudah pasti tak sama yang dirasakan penguasa dan mereka yang kaya. “Dalam rangka implementasi sistem pemerintahan yang benar, serta dalam rangka pendidikan politik yang sehat, keadaan seperti ini mesti terwujud. Kepala daerah telah diberikan berbagai kewenangan, dan menurut perundang-undangan di bidang otonomi daerah, urusan yang didelegasikan ke daerah adalah sebanyak dua puluh empat urusan wajib, dan delapan urusan pilihan, dan hanya enam kewenangan yang masih berada di tangan pemerintah pusat.” Merdu retorika. Berapa banyak orang yang paham? Berapa banyak yang terus mengalir di arus hidup yang berkalang keraguan di negeri ini? Seperti yang disampaiakan kepala negara dan dikuatteriakkan pembantupembantu penyelenggara negara, bahwa permasalahan mendasar yang dihadapi negara dan menjadi tugas besar kita ke depan adalah memerangi kemiskinan dan pengangguran. Permasalahan kemiskinan dan pengangguran bukanlah permasalahan statistik atau angka, melainkan persoalan nyata mengenai sulitnya kondisi kehidupan rakyat kita. “Oleh karena itu pemerintah memilih untuk menanganinya secara lebih substantif dan mendasar, dan bukan sekedar siasat statistik dan angka-angka maupun sekedar retorika.” Itu sesumbar yang terus diteriakkan, sayang inipun dapat disebut sebagai janji belaka. Ember, loyang dan tong berbunyi sumbang! Yang lainnya. “Pemikiran yang mendasari kebijakan desentralisasi dan delegasi kewenangan ke daerah, yang diikuti secara konsisten dengan desentralisasi fiskal, adalah keyakinan bahwa pemerintah daerahlah yang langsung berhadapan dengan rakyat, akan memiliki kemampuan yang lebih baik dalam melayani kebutuhan rakyatnya. Aspirasi rakyat akan mudah dan cepat terekam, dan kemudian akan diterjemahkan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk memenuhi aspirasi rakyat tersebut. Peningkatan anggaran yang dikelola daerah yang sangat pesat, sudah selayaknya perlu diikuti oleh peningkatan kemampuan dari pemeritah daerah dalam mengelola, memanfaatkan secara optimal, dan mempertanggungjawabkan secara baik. Rakyat juga akan semakin sadar dan pandai untuk menuntut kinerja pemerintah daerah, dalam mengemban fungsi pelayanan dasar di bidang pendidikan, kesehatan, dan penyediaan infrastruktur dasar lainnya. Evaluasi selama ini menunjukkan, bahwa masih banyak daerah yang perlu meningkatkan kualitas kepemimpinan dan pengelolaan pemerintahan, termasuk kemampuan dan komitmen kuat untuk menjalankan good and clean governance. Kondisi ini diperlukan, agar kita terhindar dari situasi di mana desentralisasi wewenang dan keuangan ke daerah hanya menghasilkan pemburukan kualitas pelayanan kepada masyarakat, sehingga rakyat menjadi kecewa, serta uang negara terhamburkan secara boros dan sia-sia.” Lagi-lagi retorika dan implementasinya masih tumpul (bila tak mau dikatakan gagal). Di sini dapatlah kita simpulkan yang mana sekantong retorika itu tidak bermanfaat sama sekali. Ia tak lebih dari judul yang diubah-ubah namun isinya sama saja. Seperti petaka “otonomi daerah” nan ramai digeluti zaman ini, namun isinya bercampur kepentingan sentral dalam pembuatan bilik-bilik korupsi serta cela hukum untuk mengelak dari kejahatan negara. Sekantong retorika pemulihan rakyat, ada yang bilang bahwa upaya itu sebagai jauh kampanye dari kenyataan. Apapun argumennya perhitungan bantuan langsung tunai dengan nilai seratus ribu rupiah dan selesai di situ, berarti tanpa memperhitungkan imbas kenaikan harga terhadap produk barang dan jasa yang jelas-jelas membuat nilai seratus ribu rupiah saja tersebut laksana setetes air bagi haus yang akan terus bertahan selamanya. Kembali hal ini kami singgung, supaya jadi perhatian bagi semua orang. Redaksi REDAKSI menerima tulisan dalam bentuk opini, cerita, puisi atau apa saja. Redaksi berhak mengedit tulisan tanpa mengurangi makna yang dikandung tulisan itu. Kirimkan tulisan anda ke: redaksi@swarakita-manado.com atau langsung di antar ke redaksi d/a: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado Telp: 0431 841060, Fax: 0431 841071

SITOR SITUMORANG:

Tak ada dendam, tak ada yang disesalkan (1) Oleh Martin Aleida Takenfrom: Penyair GENEALOGIS, siapa sebenarnya Sitor Situmorang itu? “Saya adalah keturunan Si Marsaitan generasi ke-12,” kata sang penyair dengan lantang. Si Marsaitan? Kalau begitu kakekmoyang Sitor adalah anak yang tidak diinginkan oleh ibunya, yang lahir dari

cinta palsu, karena perempuan yang hebat itu berpura-pura cinta dan menjadi istri karena ingin membalas dendam atas kematian suami yang sungguh dia cintai. Dalam biografi yang ditulisnya, “Sitor Situmorang Seorang Sastrawan 45 Penyair Danau Toba,” dia

mengisahkan serentetan kejadian dramatis, begini rupa: Di Negeri Urat, Pulau Samosir, berbahagialah Tuan Sipallat dengan istri junjungan jiwanya, Si Boru Sangkar Sodalahi, asal klan Manurung, penguasa Pegunungan Sibisa di kaki Gunung Simanuk-manuk. Tuan Sipallat dan istrinya bermukim di Suhut ni Huta. Namanya hidup di dunia, bukan di surga, maka suatu ketika pecahlah perang dengan tetangga. Tuan Sipallat mengajak enam

saudaranya untuk bangkit menghadapi musuh. Tapi, tak seorang pun yang tergerak hatinya. Tuan Sipallat maju menggempur lawan sendirian. Ia kalah, ditawan, kepalanya dipancung, dan oleh panglima dari suku pemenang, sebagai penghinaan tiada tara, kepalanya ditanam, dijadikan alas tangga batu menuju rumahnya. Dan, martabat klan yang kalah perang itu benarbenar terinjak-injak lagi ketika Si Boru Sangkar

Sodalahi membuat geger marga membikin malu negeri. Bayankanlah, dia main mata, bercumbu-rayu, dan kawin pula dengan kepala suku yang memenggal kepala suami pujaannya. Sehari-hari pekerjaannya menenun. Dalam belaian suaminya yang baru, Si Boru Sangkar Sodalahi menenun ulos lebih rajin lagi, dan hasilnya lebih indah pula. (bersambung)

Menuju masyarakat edukatif (4/selesai) Oleh M Badri Takenfrom: Media OnLine Apalagi di era otonomi daerah ini sudah seharusnya pemerintah setempat melakukan manuver untuk melejitkan kualitas pendidikan agar masyarakat tidak berpikir ortodoks akibat nilai-nilai pengetahuan yang termarjinalkan. Karena salah satu ciri masyarakat dinamis selalu melahirkan inovasi baru dalam melakukan perubahan menuju tatanan kehidupan yang lebih baik. Dalam sebuah wawancara dengan penulis, Rektor UIR Profesor Hasan Basri Jumin pernah mengatakan bahwa pengembangan pendidikan

masih sangat lamban. Hal ini disebabkan belum menyatunya gagasan dalam upaya peningkatan pengembangan pendidikan. Seperti halnya Profesor Kinosita di atas, pendidikan dasar sembilan tahun dikatakan Profesor Hasan sebagai fondasi yang harus diperhatikan dalam perbaikan kualitas pendidikan. Karena ini sangat potensial untuk meningkatkan partisipasi pendidikan dan peningkatan kemampuan hingga perguruan tinggi. Salah satu wacana yang pernah berkembang untuk

mengentaskan permasalahan pendidikan adalah dengan mengimplementasikan konsep pendidikan gratis untuk pendidikan dasar dan menengah. Namun hal ini belum terwujud, karena belum adanya kebijakan politis yang memihak kepada pendidikan. Konsepnya sendiri belum begitu jelas dalam penerapan di lapangan. Kesadaran pemerintah untuk mendongkrak anggaran pendidikan juga belum terlihat mencuat ke permukaan. Sementara keragaman kondisi geografis, ekonomi, sosial, dan budaya masih menjadi kendala. Sebagai contoh tingkat kesadaran warga untuk menyekolahkan anaknya belum tentu sama. Untuk itu perlu adanya persamaan persepsi tentang

pentingnya peran pendidikan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Dengan ketersediaan sumberdaya alam yang mencukupi, seharusnya pemerintah mulai meningkatkan anggaran komunikasi strategis untuk memasyarakatkan pendidikan. Berbagai bentuk kampanye dan pendampingan sektor pendidikan yang berkesinambungan merupakan salah satu strategi dalam pengelolaan pendidikan hingga ke lapisan masyarakat paling bawah (grassroot). Tujuan pendidikan itu sendiri akan tercapai bila prosesnya komunikatif. Kelompokkelompok intelektual yang ada di tengah masyarakat perlu

dilibatkan dalam komunikasi ini. Bukankah masih banyak sarjana yang belum mendapat lapangan pekerjaan? Tentunya mereka dapat dimanfaatkan oleh pemerintah melalui suatu program yang bertujuan untuk perluasan penyebaran pendidikan ke seluruh lapisan masyarakat. Dengan demikian dapat menjembatani kesenjangan tingkat pendidikan masyarakat melalui tranformasi ilmu oleh masyarakat itu sendiri. Paragidma pembangunan pendidikan yang merata dapat menciptakan masyarakat yang edukatif. Sehingga budaya berpikir kritis, dinamis, humanis dan demokratis menjadi karakter masyarakat dengan mengedepankan nilainilai luhur budaya bangsa.(*)

SAINS FIKSI

Demarkasi humanisme universal (9) Oleh: Risang ‘nGa’Anom Alumni Universitas Airlangga Surabaya Takenfrom Milis Penyair Selama ini koar-koar pengakuan manusia yang beranggapan bahwa dirinya makhluk terhebat di atas permukaan bumi patut dipertanyakan ulang. Pasalnya, kehebatan manusia telah disangkal oleh dirinya sendiri. Manusia bukanlah ukuran segala sesuatu lagi, manusia juga bukan pemimpin dunia, dan angan-angan manusia untuk menguasai alam tidak akan pernah terjadi. Sebab, manusia hanyalah makhluk

lemah yang terus berlindung dengan cara berpura-pura kuat. Singkatnya, pecundang yang pandai bercerita tentang kehebatan dirinya sendiri. Perbedaan motif dasar antara sains fiksi (gejala alam) dengan wacana sosialisme utopis terdahulu (faktor manusia) menimbulkan kecurigaan bahwa apakah teks sains fiksi berdiri sebagai teks kelanjutan dari wacana sosialisme utopis, ataukah kedudukan sains fiksi justru

menjadi wacana yang menggugurkan (cut off) wacana sosialisme utopis terdahulu. Perbedaan lain antara beragam sejarah pemikiran sosialisme utopis dengan kedudukan sains fiksi Alpha Veta dapat dikatakan terletak pada semangat zaman ‘zeitgeisth’. Dengan perkataan lain, janganjangan sains fiksi merupakan rangkaian konsep humanisme universal yang telah disesuaikan dengan zamannya. Bisa jadi pula relevansi dalam memaknai wacana sosialisme utopis untuk zaman sekarang lebih dapat dipahami melalui teks-

teks sains fiksi. Oleh sebab itu, bukan mustahil bila teks sains fiksi termasuk ke dalam rangkaian wacana sosialisme utopis. Teks sains fiksi yang telah disepakati sebagai teks humanisme universal yang lebih sesuai (relevan) dengan konteks sejarah dan pemikiran manusia dibandingkan teks-teks pemikiran humanisme terdahulu; maka mengingat adanya atribut fiksi yang menempel pada baju science fiction, apakah semakin melekatkan label utopia kepada pemikiran humanisme universal? Atau justru dapatkah sains fiksi

dipercaya sebagai konsep yang lebih masuk akal (rasional) tentang permasalahan nilai kemanusiaan kita? Bias-bias tafsir tersebut masih dapat diperbincangkan, d i d i s k u s i k a n , dikomunikasikan, dan diperdebatkan kembali. Akan tetapi terlepas dari hal itu, pada intinya pembaca setidaknya telah mempunyai sedikit gambaran tentang pemaknaan baru terhadap keberadaan teks sains fiksi.

(bersambung)

DAPATKAH negara mengucap ‘bisa’ bagi pelayanan publik yang memadai? Sementara itu, investasi yang selama ini didengung-dengungkan pemerintah untuk kesejahteraan rakyat dan supaya banyak orang di negara ini boleh berdaya, ternyata hanya isapan jempol semata. Karena seiring masuknya investasi seperti itu pula rakyat terusir dari tanah mereka. Totaliter kekuasaan berlaku di hampir semua sektor. Ini terbukti dengan hancurnya potensi sumberdaya alam, rakyat lalu berlomba-lomba datang ke kota dan mencari sesuap rejeki. Eksploitasi tanpa batas merupakan kiat ekonomi pembangunanisme meninggalkan setumpuk besar persoalan yang akhirnya harus ditanggung rakyat sebagai pemilik dan penjaga sumberdaya alam itu. Karena pernah disosialisasikan yang mana fokus pembangunan yang mengedepankan peran rakyat dalam upaya mengurangi penggangguran, mengurangi kemiskinan, peningkatan daya saing daerah, revitalisasi pertanian untuk produk unggulan seperti di lahan pertanian, kemudian sektor perikanan, pariwisata, pendidikan bermutu dan berdaya saing, juga perdagangan internasional akan terus meningkat. Maka, tentu kita masih berharap apa yang disosialisasikan itu dapat terwujud. Berikutnya tentang berbagai event yang dibilang dan dijanjikan akan menyantuni rakyat, sepertinya issue ini sudah mulai terlupa dan entah seperti apa bentuknya nanti. Bagaimana dengan investasi di Sulawesi Utara. Untuk itu juga kita masih berharap banyak. Walau masih ada yang belum jelas yang melintas dalam benak pemerintah dewasa ini, apalagi ketika kebijakan dan apa yang pernah disosialisasikan itu semakin tak jelas dan kelihatannya seperti sudah tidak terkendali. Politik yang berkoar saat ini, kepentingan untuk maju jadi pemimpin kembali mengumbar mimpi baru di depan pelataran rakyat. Coba lihat realita yang menjalari kehidupan kita kini. Kita punya sedikit argumen terhadap apa yang sudah diakibatkan oleh sistem itu, yang mana pemantik api krisis yang terjadi berkepanjangan dan masih berlanjut sampai sekarang ialah soal keadilan dan kemakmuran yang hanya janji saja. Di mana-mana barisan manusia memenuhi jalan-jalan menyuarakan hak-hak mereka yang terabaikan. Soal yang belum berujung, ketika konversi minyak tanah ke gas alam rupanya bukanlah menjadi solusi bagi krisis bahan bakar yang boleh menyulut dapar boleh tetap menyala. Masyarakat masih susah mendapatkan elpiji, energy susah didapat, listrik mati, air tidak ngocor dan harga melambung tinggi mengikut julang permintaan. Mungkin lebih realis untuk mengandaikan bahwa dalam masyarakat mana pun, dengan kesejahteraan yang belum merata, hanya akan menjadi mangsa politik. Tonaas Tinamburi Minahasa - Sulut

KOMISARIS UTAMA: Ina Eryana. KOMISARIS: Christianus H. DIREKTUR UTAMA: Meilany Mongilala. DIREKTUR: Hendra Zoenardjy. PEMIMPIN REDAKSI: Hendra Zoenardjy. WAKIL PEMIMPIN REDAKSI: Donny Wungow. REDAKTUR PELAKSANA: Glenly Bagawie. KOORDINATOR LIPUTAN: Stenly Lumempouw. KOORDINATOR BIDANG: Tonny Mait, MUSYAWARAH REDAKSI: Hendra Zoenardjy, Ronald Rompas, Donny Wungow, Glenly Bagawie, Stenly Lumempouw, Tonny Mait. REDAKTUR: Finda Muhtar. REPORTER: Deddy Wakkary, Hanny Rais, Robby Liando, Ronald Sumakul, Serly Tasiam, Alphen Mamentu. KEPALA BIRO: Tonny Mait (MANADO), Glenly Bagawie (TOMOHON), Ronald Rompas (MINAHASA), Rusdianto Rantesalu (MINUT), Servi Maradia (MINSEL), Stenly Lumempow (MITRA), Wolter Pangalila (BITUNG), Sam Daleda (SANGIHE-TALAUD), Stenly Gaghunting (SITARO), Verdynan Manoppo (KOTAMOBAGU-BOLMONG), Faruk Langaru (BOLTIM-BOLSEL), Kurniawan Golonda (BOLMUT). REPORTER BIRO: Rommy Kaunang (MINAHASA), Devie Pondaag (MITRA), KONTRIBUTOR: Syaiful W Harahap (KHUSUS KESEHATAN). KOORDINATOR ARTISTIK: Fadjrin Haryanto. STAF ARTISTIK: Richard Tamara. SEKRETARIS REDAKSI: Angelia Natasia Herline. MANAGER IKLAN: Herry Bagau, KOORDINATOR IKLAN: Stembri F Legi. STAF IKLAN: Denny Moningka, Hervy Sumarandak, Malik Thaib, Denny Sumolang, Didik Agusprianto. ADMINISTRASI IKLAN: Nancy Bertha. MANAGER PEMASARAN: Noldy Poluan. STAF PEMASARAN: Meisisco Gaghana. DISTRIBUSI: Denny Poluan (Minahasa, Tondano, Tomohon, Mitra), Sterfi Lumangkun (Bitung), Alfrits Samolah (Minsel), Marchel Wowor, Steven Manengkey (Manado). PACKING: Samiun Hulantu. KOLEKTOR PEMASARAN: Reinold Welong, ADMINISTRASI: Lisa Wuisan. STAF UMUM: Deydi Mokoginta, D Iman, Cipta. SEKRETARIS/BENDAHARA PERUSAHAAN: Nancy Bertha. PENERBIT : PT. Sulut Lestari Press, PERCETAKAN: PT. Manado Media Grafika (Isi di luar tanggung jawab percetakan) HARGA Langganan: Rp. 45.000,-/bulan (luar kota tambah ongkos kirim) TARIF Iklan: Rp. 9000/mm kolom (BW), Rp.15000/mm Kolom (FC), ALAMAT: Mega Smart VIII No.7 Kawasan Mega Mas Boulevard Manado, Telp (0431) 841060, Fax: (0431) 841071 PERCETAKAN: Jl. AA Maramis, Kairagi, Manado. Telp (0431) 812777


RABU 30 OKTOBER 2013

KETAWA ASYIK

Naik kapal dari raja ampat ke jakarta SESUDAH berkeliling di Raja Ampat, seorang wisatawan dari Jakarta menemukan bahwa sisa uang di dalam kantongnya hanya cukup buat membeli selembar tiket kapal untuk pulang lewat Sorong. Naik kapal dari Sorong ke Jakarta memerlukan waktu 4 hari, maka ia memutuskan selama 4 hari di atas kapal ia takkan makan makanan apa pun. Pagi pertama ia tidak pergi sarapan pagi. Waktunya makan siang, ia tetap bersembunyi di dalam kamarnya, malam harinya pun wisatawan itu menahan lapar di dalam kamar. Selang 2 hari kemudian, waktunya makan malam segera akan dimulai, perut wisatawan itu laparnya bukan main, ia nampaknya sudah tak tahan lagi. Ia berpikir: “Kali ini aku harus makan, sekalipun sesudah makan nanti mereka melemparkan diriku ke dalam laut, aku juga harus makan.” Waktunya makan malam, ia melahap habis semua makanan yang disuguhkan pelayan kapal di depannya, dan ia juga sudah mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi suatu pertengkaran, termasuk kemungkinankemungkinan lainnya. “Seluruhnya habis berapa? Bawalah tagihannya kemari!” katanya. “Nggak ada tagihan apa-apa Pak!” jawab pelayan kapal, “Di atas kapal, makan 3 kali sehari, ongkosnya sudah dihitung di dalam tiket kapal.”(*)

Tidak lulus mata pelajaran DI buku rapor anak laki-laki itu, ada 2 mata pelajaran tak lulus. Ibunya berkata: “Waktu aku dan Bapakmu sekolah dulu, setiap kali ujian selalu mendapat angka yang tinggi, selamanya tak pernah tidak lulus ujian. Menurut prinsip genetika, kamu tak seharusnya sebodoh ini.” Anak itu dengan suara yang rendah menanya Bapaknya: “Daddy, apakah Ibu barusan sedang memberi isyarat kepadaku, bahwa aku ini bukan anak kandung kalian?”(*)

Makan di restoran lupa bawa uang ADA seorang pria separo baya yang setengah linglung masuk ke sebuah resto. Ia memesan aneka masakan yang ia sukai hampir semeja penuh. Sesudah semua masakan itu disapu bersih, saat ia merogoh kantongnya baru ketahuan dirinya ternyata tak membawa dompet, seluruh badannya hanya terdapat uang logam sebanyak satu dollar. Sesudah kebingungan sebentar, ia diam-diam merasa beruntung karena dirinya biasanya sering datang makan di resto ini, sedikit banyak masih bisa digolongkan sebagai pelanggan, maka itu ia dengan sikap sangat hormat menyerahkan satu dollar uang logam itu kepada sang juragan resto. Saat menerima uang itu, juragan menanyanya dengan bingung: “Ini maksudnya apa?” Hanya terlihat ia sedang merah muka karena malu. Sejenak kemudian, ia berkata dengan suara tertegun-tegun: “Ini... Maaf, Pak Juragan... uang ini untuk ‘membayar angsuran perdana’, aku lupa membawa uang, sisanya lain kali kulunasi, hehehehe...”(*)

Dijenguk oleh istri di penjara “HAI, istrimu telah datang menjengukmu!” teriak sipir kepada seorang narapidana. “Yang mana?” tanya narapidana. “Ah, ngomong beneran donk. Kamu mengatakan yang mana, maksudnya apa? Yuk, katakan kamu punya berapa istri?” Hardik sipir dengan keras. Narapidana itu berkata: “Aku datang kemari justru karena telah melakukan poligami.”(*)

Menonton film sambil tidur ADA orang sedang nonton film, nonton sebentar, kemudian ia tidur sebentar. Sesudah pertunjukan film itu bubar, seorang teman menanyanya: “Menurut pendapatmu, film ini bagaimana?” “Secara keseluruhan film ini masih bolehlah, hanya alur ceritanya tidak nyambung.”(*)

Asyik

Anak Sekolah Yang Ingin Kreatif

Cemburu itu wajar, kok!

6

Mengajari anak gaya hidup hijau KERUSAKAN yang terjadi di lingkungan saat ini memang sudah beralih ke taraf yang mengkhawatrikan. Banyak sumber daya yang tidak dapat diperbaharui habis digunakan dan justru memberi dampak yang tidak baik bagi lingkungan. Kerugian yang semakin besar pun harus di tanggung. Salah satu cara untuk menyelamatkan lingkungan adalah dengan memulai gaya hidup ramah lingkungan. Tak semudah yang dibayangkan, gaya hidup ramah lingkungan tidak bisa dilakukan dalam hitungan menit. Gaya hidup seperti ini perlu diajarkan dan ditanamkan sejak masih dini dan dimulai dari hal-hal kecil sehari-hari. AJARKAN PENGHEMATANPADA ANAKANDA Penghematan yang bisa dilakukan adalah penghematan air dan energi listrik. Mematikan televisi dan membatasi penggunaan game player atau gadget harus dilakukan sejak dini sebagai salah satu contoh gaya hidup ramah lingkungan. Kegiatan didalam rumah bisa diganti dengan membaca atau membuat kerajinan.

TESSA

S E M U A orang pasti pernah merasa cemburu. Walau kita mungkin bukan tipe cewek cemburuan, tapi rasa itu pasti pernah muncul deh selama hidup kita. Entah cemburu sama teman, pacar, keluarga, dan lain-lain.

Berpikir dan Berbuat

TERUNTUK PARA ORTU

Sering gregetan kalau lihat pacar kita lagi ngobrol sama cewek lain? Atau, merasa jealous pas si dia dapat chat dari teman ceweknya? Hihihi. Cemburu itu wajar kok, girls. Asal kita tahu cara mengontrolnya, mengatasinya, dan nggak bikin rasa itu jadi bumerang buat kita. (lia) DITA

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA

NAMANYA juga kita lagi pacaran. Pasti bakal merasa kesal pas m e l i h a t , mengetahui, atau mendengar kalau ada cewek lain yang ngedeketin cowok kita. Tapi, jadi berlebihan juga kalau terlalu cemburuan.

MENGGUNAKAN BARANG-BARANG ALAMI Hindari penggunaan bahan kimia yang berlebihan. Gantilah bahan-bahan kimia

dengan bahan-bahan yang lebih alami agar lingkungan sekitar menjadi lebih bersih dan segar. RECYCLEBARANGBARANGDIRUMAH Cobalah untuk mengajak anak Anda memanfaatkan barang bekas yang ada dirumah untuk didaur ulang. Misalkan membuat tempat pencil unik dari kaleng bekas atau membuat pigura photo Anda berdua dengan menggunakan kardus bekas. Selain membuat anak Anda senang, cara ini sekaligus melatih daya kreativitas anak. PERBANYAK AKTIVITASLUAR RUMAH Rekreasi di alam terbuka, berkebun bersama atau mengadakan camping keluarga bisa menjadi alternative agar anak lebih men-cintai

alam dan menghargai lingkungan. Pemandangan indah yang bersih bisa merangsang anak untuk lebih menyukai gaya hidup ramah lingkungan. CONTOHDAN KONSISTENSI Anak dengan usia kurang dari lima tahun adalah peniru ulung dari orang tuanya. Jika ingin anak Anda memiliki gaya hidup yang ramah lingkungan, maka Anda harus memiliki gaya hidup yang ramah lingkungan. Konsistensi dalam menjalani gaya hidup ramah lingkungan juga penting agar anak tidak merasa bingung dengan apa yang akan dilakukan. Kebiasaankebisaan kecil yang Anda lakukan secara otomatis akan menular pada anak Anda yang pada akhirnya membentuk karakter hidup gaya sehat.(perm)

TIPS ASYIK

Mencegah timbulnya komedo di kulit wajah KOMEDO di wajah tentu mengganggu penampilan kulit. Wajah jadi nggak mulus dan terlihat bersisik. Komedo disebabkan oleh beberapa faktor seperti kelembaban udara, polusi dan gaya hidup nggak sehat. Pasti kamu nggak mau kan wajah dipenuhi dengan bintik-bintik putih atau hitam tersebut? Berikut ini cara mengatasi dan mencegah timbulnya komedo. 1. Rajin bersihkan wajah Jangan malas untuk membersihkan wajah dari kotoran dan debu ketika malam hari. Cucilah wajah minimal dua kali sehari, tapi jangan terlalu sering karena sebum atau minyak alami di

kulit bisa hilang yang membuat wajah jadi kering dan malah jadi berjerawat. 2. Handuk hangat Letakkan kain yang telah direndam air panas ke atas permukaan wajah berkomedo. Panas akan membantu menghilangkan perih saat mengelupaskan komedo. Selain itu, handuk panas juga mengurangi adanya infeksi akibat pengangkatan komedo, misalnya menggunakan facial strip atau scrub. 3. Scrub Scrub bekerja untuk menghilangkan sel kulit mati dan menumbuhkan sel kulit yang baru. Sel kulit mati dapat memperburuk

keadaan komedo kalau nggak segera diangkat. Kamu bisa menscrub wajah di bagian dahi, hidung dan dagu. Ketiga daerah tersebut merupakan tempat tumbuhnya komedo. 4. Krim komedo atau penghilang jerawat Pilih krim yang mengandung benzoil peroksida. Benzoil peroksida adalah bahan yang baik untuk membunuh bakteri, menyerap minyak, serta cepat menghilangkan komedo dan jerawat. 5. Facial Rawatlah kulitmu di tempat facial. Dengan bantuan ahli, maka komedo akan keluar dari dalam kulit dengan cara yang lembut.

Jangan mencoba mengeluarkan komedo sendiri, karena kulit dapat terinfeksi. 6. Cara Alami Gunakan cara-cara alami untuk menghilangkan komedo. Misalnya dengan masker dari kulit jeruk yang sudah diblender atau masker baking soda yang telah dicampur dengan air. Letakan masker tersebut di daerah yang berkomedo dan diamkans selama 10 menit. Cara lainnya adalah dengan mengoleskan sedikit pasta gigi pada bagian yang berkomedo. Diamkan hingga kering, lalu bersihkan wajah dengan handuk yang telah direndam dengan air hangat.(wolp)

ASAL LOE TAU AJA

Benda arkeologi ungkap rahasia ritual afrika kuno TEMUAN artefak berusia sekira 1.400 tahun lalu mengungkap rahasia ritual manusia Afrika kuno. Peneliti dari Universities of Ghana, Manchester, Ghana Museums dan Monuments Board (GMMB) mengungkap temuan mereka. Objek antik dengan tinggi 31 centimeter yang ditempatkan di Manchester Museum ini dipamerkan untuk dilihat oleh publik di luar Ghana. Berbagai macam benda arkeologi ini salah satunya patung

buaya serta patung manusia berkepala dua. Peneliti percaya bahwa patung-patung ini digunakan untuk ritual pengobatan. Patung ini digunakan untuk memohon bantuan nenek moyang yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit. Peneliti menggunakan teknik pemindaian ‘computed tomography’ di University of Manchester. Tim peneliti mengungkap bahwa objek bisa memiliki fungsi obat yang

digunakan untuk sesajen air. Konon, patung-patung ini menunjukan kondisi bawaan yang masih mempengaruhi anak-anak di Afrika saat ini. Benda bersejarah ini dipercaya pernah ada antara abad ke-6 dan abad ke-14. Patung ini ditemukan di sebuah desa bernama Yikpabongo di Koma Land di utara Ghana. Benda ini berasal dari dua gundukan yang digunakan sebagai tempat suci. “Patung-patung ini unik di wilayah tersebut dan

menawarkan wawasan ke aspek keyakinan manusia di masa lalu, cara pemahaman dan kreativitas,” ujar Benjamin Kankpeyeng dari University of Ghana. Muncul kekhawatiran bahwa patung-patung ini sangat dicari di pasar seni. Tercatat, beberapa gundukan di wilayah ini telah digali secara ilegal. “Penduduk desa Koma Land memiliki perasaan yang tajam bahwa patungpatung ini merupakan bagian dari warisan mereka dan sangat membenci perdagangan patung yang LOWONGAN PEKERJAAN tidak etis,” tuturnya.(okez)

BERITA KEHILANGAN TELAH TERCECER SEBUAH BPKB MOTOR

ATAS NAMA : HASAN THALIB ALAMAT : KEL. SINDULANG SATU LINGK. IV MANADO NO RANGKA: MH8BE4DFA6J118352 NO MESIN : E4511D119509 NO BPKB : E.0142079.S

DIJUAL Xenia Deluxe 1,3 cc thn 2010 Desember Warna Abu-Abu KM 47000. Harga Nego, Kondisi Baik.. BERMINAT??? HUBUNGI 085298586989 (TANPA PERANTARA)

PT.AMANAH FINANCE MEMBUTUHKAN:

1. 2. 3.

Costumer Service (Wanita) Admin Piutang (Laki-laki) Collector (Laki-laki)

Syarat dan Ketentuan: 1. 2. 3.

Max 25 Tahun Pendidikan Minimal D3 Beragama Islam Lamaran dibawah langsung ke

PT. AMANAH FINANCE Komp Mega Smart Blok 7 No 22 Boulevard Manado Contact Persen: 089610266523 (Fian)


Olahraga

RABU 30 OKTOBER 2013

BULUTANGKIS

Sempurna di Tunggal Putra SETELAH tunggal putri yang berhasil mengirimkan empat wakilnya ke babak dua, kini giliran empat wakil dari tunggal putra yang berhasil lolos ke babak berikutnya di ajang kejuaran bulutangkis dunia junior yang berlangsung di Bangkok. Dari keempatnya itu, Ihsan Maulana Mustofa yang lolos tanpa peras keringat. Mendapat bye, membuat Ihsan menapaki babak kedua dan akan berhadapan dengan wakil Botswana, salah satu Negara di benua Afrika. S e m e n t a r a d u a Tu n g g a l P u t r a l a i n n y a , Muhammad Bayu dan Jonathan Christie, samasama menang mudah dengan menghajar lawannya dengan dua game saja. Bayu menyingkirkan wakil asal Rusia, Andrey Dolotov dengan dua game langsung 21-6 2117 dan akan berhadapan dengan wakil Malaysia, June Wei Cheam di babak kedua nanti. Sedangkan Jonathan, mampu menundukkan andalan Sri Lanka, Kamod Rasmitha Halambage dengan dua game langsung 21-7 21-11. Selanjutnya, Jonathan bakal meladeni perlawanan unggulan asal China, Felixiang Sun. Ketika rekan senegaranya sama-sama menang dengan mudah, hal itu tak dialami dengan Fikri Ihsandi Hadmadi yang harus berjibaku demi bisa mendapatkan satu tiket di babak dua. Adalah Cheuk Yiu Lee yang membuat Fikri harus melakukan rubber game, sebelum akhirnya menang 15-21 21-14 2118.(bone)

HASIL LENGKAP BABAK PERTAMA TUNGGAL PUTRA DI KEJUARAAN BULUTANGKIS DUNIA JUNIOR: Muhammad Bayu Pangisthu - Andrey Dolotov 21-6 21-17 Fikri Ihsandi Hadmadi - Cheuk Yiu Lee 15-21 21-14 21-18 Jonatan Christie - Kamod Rashmitha Halambage 21-7 21-11

Anderson ... dari Halaman 8 Paling anyar, Maroune Fellaini mampu diboyong ke United. Secara keseluruhan, Anderson tampil di bawah lima pertandingan musim ini. Melihat situasi seperti itu, semakin menguatkan jika Moyes memang tidak menyukai permainan Anderson. “Anderson merupakan pemain yang tidak dalam standar yang dibutuhkan oleh Moyes. Dia (Anderson) harus menunjukkan bahwa dirinya mempunyai potensi. Jika ada yang menawar Anderson dengan harga yang baik pada Januari, dia akan dijual,” ujar seorang sumber seperti dikutip Daily Star, Selasa (29/10). Jika memang Anderson jadi hengkang, tim akan terbebas dari kewajiban membayar 60 ribu pounds per pekan untuk gelandang 25 tahun itu. Secara tidak langsung, hal itu bisa membantu Moyes untuk mendatangkan pemain baru lagi. Anderson yang datang dari Porto pada 2007 memang sempat digadang-gadangkan menjadi pemain yang bersinar di Eropa. Namun, sering mengalami cedera membuat performanya tak konsisten.(okez)

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

7

TINJU

Mayweather Jr ditantang Hopkins JUARA dunia kelas berat ringan, Bernard Hopkins, tak puas meski telah mempertahankan gelarnya. Hopkins menantang petinju tak terkalahkan Floyd Mayweather Jr. Setelah mengalahkan Karo Murat di Atlantic City untuk menjadi juara dunia tertua, Hopkins ingin menciptakan partai super fight dengan melawan petinju tak terkalahkan Mayweather Jr, meski kedua petinju memiliki tiga kelas yang berbeda. Mayweather bertarung di kelas menengah, yang memiliki berat 147 pounds sedangkan Hopkins bertarung di kelas 174 poin. Tapi, Hopkins rupanya rela untuk menurunkan berat badannya hingga 160 pounds, seandainya Mayweather mau bertarung di kelas itu. “Jika saya memiliki waktu antara sekarang hingga Mei, saya akan mengurangi sekitar lima hingga enam pounds berat badan saya. Anda mem-

berikan jadwal 2014 untuk bisa berada di berat badan 160 pounds? Pertarungan itu akan terjadi,” tegas Hopkins. Petinju asal Amerika itu menawarkan pertarungan besar melawan Mayweather dalam sejarah olahraga tinju. Sementara itu CEO Golden Boy Promotions, Richard Schaefer yang bekerja dengan mereka mengatakan, pertarungan itu bisa saja terjadi. “Bisa saja. Saya suka cerita promosinya. Dengan Hopkins mendekati usia 50 tahun, sedangkan Mayweather mendekati angka 50 kemenangan. Kami tahu Rocky Marciano pensiun di angka 49-0. Jadi, Mayweather sedang mengejar angka 50 dan begitu juga dengan Hopkins yang mendekati angka 50 (untuk usia),” jelas Schaefer. “Itu semacam menjadi sebuah ajang promosi untuk saya. Jadi mari kita lihat. Saya memiliki rencana. Ada

banyak nama yang akan terkait di sana,” tambahnya, diberitakan ABS-CBN, Selasa (29/10).

Namun, Schaefer menyerahkan semua keputusan kepada Mayweather. “Mayweather

adalah petinju nomor satu dan dia memiliki hak untuk memutuskan siapa, kapan dan di mana dia akan

bertarung. Jadi pertarungan ini bukan terserah saya, tapi M a y w e a t h e r, ” paparnya.(okez)

Berbeda dengan Ronaldo, rekan setimnya Sergio Ramos justru terancam mendapat sanksi dari Komdis Sepakbola Spanyol. CTA menyatakan bahwa mereka akan melakukan investigasi atas komentar pedas Ramos usai pertandingan. Dalam komentarnya usai pertandingan, bek internasional Spanyol ini mengatakan, “Ada sesuatu yang tidak bisa Anda lawan (wasit). Jelas kami pantas dapat penalti, menyusul handball Adriano dan satu lagi atas pelanggaran terhadap Cristiano Ronaldo di babak kedua,” keluhnya kala itu. Jika

nantinya terbukti bersalah, besar kemungkinan Ramos akan mendapat sanksi berupa larangan tampil atau juga denda dari Komdis Sepakbola Spanyol.

El Clasico antara Barcelona kontra Real Madrid memang sudah berakhir dengan Blaugrana keluar sebagai pemenang. Akan tetapi, kontroversi yang terjadi sepanjang laga, belum usai. Kubu Madrid yang tidak terima kalah 1-2, masih mengeluhkan kinerja wasit

Alberto Undiano Mallenco yang dinilai tidak netral. Pihak El Real tetap keukeuh mereka pantas mendapatkan dua penalti, menyusul handball Adriano Correia dan dorongan Javier Mascherano terhadap Cristiano Ronaldo di kotak terlarang. Menanggapi hal ini, entrenador Barca, Gerardo ‘Tata’ Martino coba bersikap netral. Dalam kacamatanya, pelatih asal Argentina ini juga merasa wasit Undiano Mallenco melewatkan sejumlah insiden penting. “Mungkin ada kesalahan yang dibuat wasit, tapi

pertandingan juga terus berjalan dan kami harus tetap konsentrasi pada itu (pertandingan),” ujar Tata sebagaimana dikutip Goal, Selasa (29/10). “Untuk merespons soal apa yang dikatakan pemain Madrid di mana mereka merasa insiden tersebut menguntungkan kami, itu hak mereka untuk mengatakan bahwa wasit melakukan kesalahan, jika mereka berpikir demikian. Saya sendiri sulit menuduh wasit dengan begitu mudah. Menurut saya, ada kemungkinan bahwa wasit membuat kesalahan, itu saja,” tandasnya.(blnt/ okez)

kan Klopp sebagai penggantinya nanti. Apalagi Klopp juga belum pernah mendapat kesempatan menjadi pelatih timnas Jer-

man. Klopp sebelumnya kerap didekati oleh klubklub top Eropa setelah sukses mengantar Dortmund menjadi salah satu tim kuat

di Bundesliga dan finalis Liga Champions musim lalu. Selain itu prestasi Klopp bersama Dortmund juga tidak main-main, Klopp

berhasil memberikan dua gelar Bundesliga, satu piala DFB Pokal dan satu DFL Supercup untuk Dortmund sejauh ini. (okez)

Tapi Anda tak bisa tiba-tiba menggantinya karena yang pasti, konsep Jupp Heynckes masih berbekas pada kami. Tidak bisa dengan Guardiola datang dan mengatakan sepakbola sangat berbeda. Ini hanya soal perubahan gaya permainan,” tuntas Müller.

menyatakan bahwa saat ini baru mengeluarkan 95% kemampuannya, usai mencetak gol perdananya di Bundesliga bersama Die Roten musim ini. Bayern Munich sukses mengemas kemenangan 3-2 saat menjamu tamunya Hertha Berlin di Allianz Arena, akhir pekan lalu. Bayern harus tertinggal lebih dulu saat pertandingan baru berjalan empat menit lewat gol yang dicetak Adrian Ramos, akan tetapi dua gol dari Mario Mandzukic dan

satu gol melalui kepala Mario Gotze hanya sanggup dibalas satu kali oleh Anis Ben Hatira. Berkat kemenangan itu, Bayern masih memuncaki klasemen sementara Bundesliga dengan keunggulan satu poin rival utamanya, Borussia Dortmund di peringkat dua. Pencetak gol ketiga Die Bayern yang baru saja pulih dari cedera pergelangan kaki ini, mengaku senang dapat ikut menyumbang gol untuk kemenangan dan mengungkapkan saat ini dirinya belum

mencapai bentuk permainan terbaiknya. “Saya baru mengeluarkan 95% kemampuan saya saat ini dan saya pikir saya siap untuk bermain 90 menit di pertandingan selanjutnya,” ujar Gotze seperti dilansir Goal, Selasa (29/10/ 2013). “Meskipun hanya bermain 70 menit, hal itu sudah sangat penting bagi saya. Saya ingin berada di level 100% bentuk permainan saya dengan cepat. Saya hanya berusaha memberikan yang terbaik untuk tim ini,” tutup Gotze. (okez)

pengasuh rumah tangga bernama Mia. Lorena juga sempat bermain di film The Deal (2006), Clean Break (2008), dan Stiletto (2008). Kecintaan Lorena Bernal kepada suami dan keluarganya tidak diragukan lagi. Perempuan yang pernah tampil di majalah MAXIM ini telah melahirkan buah cintanya dengan Arteta, seorang anak bernama Gabriel yang lahir pada 8

juni 2008. Dedikasi penuh Lorena Bernal pada keluarga kecilnya pun ditunjukkan dengan keputusannya menjadi ibu rumah tangga (IRT) saja. Ketika perempuan di seluruh dunia menggunakan dalih “emansipasi” untuk berkarier, Lorena Bernal menunjukkan, tidak semua pencapaian seorang wanita hanya dibuktikan dari kerja dan uang. Mengurus rumah

tangga dan membesarkan anak adalah pencapaian yang tak bisa tergantikan. Dalam sebuah wawancara, Lorena Bernal bahkan dengan tegas berkata, “saat ini, menjadi ibu rumah tangga adalah pekerjaan saya.” Ia baru akan berkarier lagi setelah Arteta pensiun dari dunia sepakbola. Keluarga kecil ini berencana menghabiskan masa “tua” mereka di Los Angeles, Amerika Serikat.(sdmc)

Modal ... dari Halaman 8 Insiden itu terjadi setelah gol kedua Barca yang dicetak Alexis Sanchez pada menit ke-78. Usai gol, Ronaldo terlihat mendekati wasit, lalu kemudian melontarkan protes karena tidak mendapatkan hadiah penalti, beberapa saat sebelumnya. Dalam rekaman video, ESPN coba membaca gerak bibir Ronaldo untuk mengetahui apa yang dikatakannya kepada wasit. Hasilnya, bintang Portugal tersebut sempat mengatakan “itu jelas penalti” dan kemudian mengumpat Mallenco dengan kata “Cagon” yang berarti “Kotoran Ayam”.

Ronaldo sendiri akhirnya mendapat kartu kuning atas protes kerasnya itu. Aksi Ronaldo itu membuatnya terancam mendapat sanksi dari Federasi Sepakbola Spanyol (RFEF). Namun, dalam pemberitaan yang dimuat media ternama Spanyol, AS, Selasa (29/ 10), Ronaldo dikabarkan tidak akan mendapat sanksi. Ini dikarenakan, sang wasit Undiano Mallenco tidak memasukkan protes CR7 dalam laporan pertandingan. Komite Wasit Spanyol (CTA) juga tidak akan melaporkan Ronaldo ke Komite Disiplin (Komdis) Sepakbola Spanyol.

INSIDEN DI EL CLASICO

Jurgen ... dari Halaman 8 Seperti dilaporkan Daily Mail, Selasa (29/10), meskipun DFB telah percaya dengan kinerja Low selama ini bersama timnas

Jerman. Akan tetapi melihat kemungkinan Low tidak akan memperpanjang kontraknya lagi, membuat DFB berpikir mempersiap-

Setara ... dari Halaman 8 “Saya pikir, kompetisi Liga merupakan hal paling penting yang dipikirkan klub. Tapi jika Anda bisa menang melawan Dortmund, berarti menunjukkan ke publik Jerman bahwa Anda klub nomor satu,”

imbuhnya. Walau saat ini Die Roten belum sekalipun menelan kekalahan, tapi jangan sangka bahwa Bayern sudah bisa bermain dengan terapan Josep Guardiola secara sempurna. Muller mengakui timnya masih butuh waktu, terlebih setelah lama dibesut tangan dingin Jupp Heynckes yang tak bisa begitu saja lekang dalam gaya bermain Bayern. “Tentu kami mencoba mengimplementasikan konsep (Guardiola).

GOTZE MULAI FIT Gelandang anyar Bayern Munich, Mario Gotze

Model ... dari Halaman 8 Entah itu berupa gosip, kehidupan sehari-hari, kebiasaan mereka menghamburkan uang, dukungan terhadap suami atau pacar, hingga fotofoto “wah” mereka yang banyak diburu orang. Seiring kepindahan Mikel Arteta ke Arsenal dari Everton yang menghidupinya selama delapan tahun, nama Lorena Bernal layak dijadikan sorotan. Perempuan kelahiran 12

Mei 1977 di San Miguel de Tucumán, Argentina ini sebelumnya bekerja sebagai aktris dan model. Awal karier Lorena Bernal di dunia hiburan dimulai pada tahun 1999. Kala itu, di usia 21 tahun, perempuan bertinggi 163 cm ini dinobatkan sebagai Miss Spain. Ia pernah membintangi sebuah acara televisi, Chuck. Ia juga pernah tampil di CSI: Miami sebagai seorang

SERVICE SPRINGBED, KURSI UKIR & KURSI SUDUT BERBAGAI MACAM MEREK, UKURAN & JENIS KERUSAKAN SPRINGBED KURSI UKIR, DAN KURSI SUDUT ANDA !!!

UNTUK SPRINBED

GANTI KAIN GANTI BUSA GANTI MODEL TAMBAH UKURAN UNTUK KURSI UKIR DAN KURSI SUDUT

GANTI KAIN GANTI BUSA GANTI KAYU CAT BARU

PESANAN KHUSUS MEMODIFIKASI SPRINGBED HASIL & KWALITAS DIJAMIN MEMUASKAN HUBUNGI

TOKO MEDAN JLN. LEMBONG NO.16 MANADO

CONTACT PERSON HP. 085398766171 081340050546


RABU 30 OKTOBER 2013

Jurgen Klopp pelatih Jerman selanjutnya?

JELANG pertandingan lanjutan La Liga antara Real Madrid menghadapi Sevilla pada Kamis (31/10) dini hari WIB, ada catatan menarik dari Cristiano Ronaldo. Dalam liga laga terakhir CR7 telah berhasil mencetak 11 gol. Statistik penampilan Ronaldo ini dipercaya akan menjadi kunci kemenangan Real Madrid atas Sevilla. Meski pernah gagal mencetak gol dalam satu laga, namun penyerang asal Portugal itu berhasil mencetak hattrick dalam tiga laga diantaranya. Ronaldo pernah gagal mencetak gol ke gawang Sevilla pada pertemuan pertama musim 2012/ 13 di Estadio Ramon Sanchez Pizjuan. Kala itu, Los Merengues

harus takluk 1-0 berkat gol dari Piotr Trochowski pada menit ke-2. Ronaldo juga pernah hanya satu kali berhasil menjebol bawang Sevilla pada pertemuan kedua di musim 2011/12. Ketika itu Real Madrid menang 3-0, di mana dua gol lainnya diborong oleh Karim Benzema. Namun, di tiga pertandingan lainnya, Ronaldo berhasil mencetak hattrick pada pertemuan pertama musim 2011/12 dan laga kedua di musim 2012/13. Bahkan di pertemuan kedua musim 2010/11, pemain terbaik dunia tahun 2008 itu berhasil mencetak empat gol saat Real Madrid pesta gol dengan skor 6-2 di Sanchez Pizjuan. Torehan ini menjadi alasan utama bagi Real Madrid memiliki peluang besar memenangkan petandingan menghadapi

SPORTAINMENT

LORENA BERNAL

Model yang jadi IRT

FENOMENA WAGs (Wives and Girlfriends) adalah sebuah kenyataan tersendiri yang tidak bisa dilepaskan dari dunia sepakbola modern. Istri atau kekasih pemain sepakbola dari kalangan artis atau model telah memberikan “kehangatan” lain yang pastinya sayang untuk dilewatkan. Baca: Model ( Halaman 7)

BOLARON

Anderson tak lagi dibutuhkan United JURU taktik Manchester United, David Moyes mengisyaratkan bahwa gelandang Anderson tidak masuk dalam rencananya dalam membangun United. Bahkan, Moyes sudah mengungkapkan bahwa ANDERSON. Anderson bisa pergi dari Old Trafford pada bursa transfer pemain mendatang. Sejak melatih United tahun lalu, praktis nama Anderson sudah tidak menghiasi starter United. Bahkan, Moyes sudah membeli beberapa nama yang mempunyai posisi sama dengan Andeson. Baca: Anderson ( Halaman 7)

FEDERASI sepak bola Jerman, Deutscher Fussball-Bund (DFB) dikabarkan ingin mengamankan tanda tangan pelatih Borussia Dortmund di waktu mendatang, Jurgen Klopp. Klopp akan dipersiapkan sebagai penerus Joachim Low di kursi pelatih timnas Jerman selanjutnya. Low sebelumnya baru saja menandatangani perpanjangan kontrak bersama timnas Jerman dengan durasi dua tahun setelah sukses mengantar Jerman lolos ke putaran final Piala Dunia 2014 di Brasil tahun depan, yang artinya Low akan tetap menjadi pelatih Die Mannschaft sampai tahun 2016. Akan tetapi perpanjangan kontrak dengan durasi yang terbilang pendek itu memunculkan spekulasi bahwa posisinya akan digantikan oleh Klopp yang kontraknya akan habis di tahun yang sama, selain itu di tahun 2016 nanti akan ada turnamen Piala Eropa.

Sevilla pada pekan ke-11 La Liga musim ini. Hal ini sangat penting bagi Los Merengues untuk dapat bersaing dengan Atletico Madrid dan barcelona demi menjaga peluang mereka menjuarai La Liga musim 2013/14.

Baca: Jurgen ( Halaman 7)

BEBAS HUKUMAN Cristiano Ronaldo akhirnya bisa bernapas lega, lantaran ancaman sanksi yang membayanginya menyusul umpatannya kepada wasit di laga El Clasico, urung jadi kenyataan. Megabintang Real Madrid diketahui melontarkan kata-kata kasar kepada wasit Alberto Undiano Mallenco dalam laga kontra Barca di Camp Nou, akhir pekan kemarin. Baca: Modal ( Halaman 7)

Cristiano Ronaldo, selalu subur menghadapi Sevilla.

Rivalitas Dortmund & Munich

Calon Peraih FIFA Ballon d’Or

Bayern Munich mengutus 6 punggawanya Setara El Clasico INDUK organisasi sepakbola tertinggi di dunia (FIFA) merilis nama-nama pemain yang berpeluang untuk meraih gelar sebagai pemain terbaik dunia atau biasa disebut Ballon d’Or. Beberapa pemain yang sudah langganan mengisi list Ballon d’Or juga masih menghiasi calon peraih penghargaan bergengsi tersebut. Ada 23 nama pemain yang masuk dalam list peraih Ballon d’Or. Bayern Munich sendiri mampu menempatkan enam wakilnya. Sementara itu, Barcelona dan Paris Saint Germain juga sama-sama menempatkan lebih dari satu perwakilan. Dari Premier League, duo Manchester samasama menempatkan perwakilannya dan juga Arsenal, Chelsea dan Liverpool juga mempunyai pemain yang menjadi peraih Ballon d’Or. Selain itu, FIFA juga sudah merilis nama pelatih terbaik yang berpeluang menjadi juru taktik terbaik tahun ini.

DAFTAR PEMAIN YANG MENJADI CALON PERAIH BALLON D’OR Gareth Bale Edinson Cavani Radamel Falcao Eden Hazard Zlatan Ibrahimovic Andres Iniesta Philipp Lahm Robert Lewandowski Lionel Messi Thomas Muller Manuel Neuer Neymar Mesut Ozil Andrea Pirlo Franck Ribery Arjen Robben Cristiano Ronaldo Bastian Schweinsteiger Luis Suarez Thiago Silva Yaya Toure Robin van Persie Xavi

(Real Madrid), (Paris St Germain), (Monaco), (Chelsea), (Paris St Germain), (Barcelona), (Bayern Munich) (Borussia Dortmund), (Barcelona), (Bayern Munich), (Bayern Munich), (Barcelona) (Arsenal), (Juventus), (Bayern Munich), (Bayern Munich), (Real Madrid), (Bayern Munich), (Liverpool), (Paris St Germain), (Manchester City), (Manchester United), (Barcelona)

Berikut daftar pelatih yang menjadi calon peraih Coach of The Year: Carlo Ancelotti Rafael Benitez Antonio Conte Vicente Del Bosque Sir Alex Ferguson Jupp Heynckes Jurgen Klopp Jose Mourinho Luiz Felipe Scolari Arsene Wenger

TERLEPAS siapa yang saat ini tengah memuncaki klasemen Bundesliga, prestis soal siapa yang bisa disebut klub nomor satu Jerman antara Bayern Munich dan Borussia Dortmund, jelas masih harus ditentukan siapa pemenang dan pecundang di lapangan. Pertemuan yang kelasnya sudah menyamai El Clásico di La Liga dan derbi Manchester di Premier League ini, memang baru akan terhampar bulan depan, tepatnya pada Spieltag 13, 24 November mendatang. Akan tetapi aromanya tensi keduanya sudah tercium dari sekarang. Salah satu personel lini gedor Bayern, Thomas Müller, mengakui gengsi soal siapa yang akan jadi pemenang di antara dua raksasa ini, disebutkan

lebih penting ketimbang bicara siapa yang akan memenangkan Liga di akhir musim. Bayern sendiri, saat ini masih memimpin klasifika dengan dibuntuti Dortmund yang hanya berjarak sebiji poin di tempat kedua. Terkait gelar Bundesmeister, Müller mengaku belum bisa memprediksikan karena tak ada yang bisa benar-benar dijadikan favorit, baik Bayern, Dortmund maupun potensi dari rival lainnya, macam Bayer Leverkusen maupun Schalke 04. “Tak ada yang benarbenar jadi favorit. Target kami sendiri, adalah selalu jadi yang terdepan,” ungkap Müller, sebagaimana diwartakan InsideFutbol, Selasa (29/10). Baca: Setara ( Halaman 7)

(Real Madrid/ ex-Paris St Germain), (Napoli/ex-Chelsea), (Juventus), (Spain), (ex-Manchester United), (ex-Bayern Munich), (Borussia Dortmund), (Chelsea/ ex-Real Madrid), (Brazil), (Arsenal)

Agger angkat kaki dari Liverpool? PENDIRIAN dan kesetiaan Daniel Agger terhadap Liverpool tampaknya mulai luntur. Pemain internasional Denmark yang acap kali mengikrarkan kesetiaan itu kini mulai berubah pikiran. Agger memperingati pihak The Reds. Apabila tak ada jaminan untuknya menjadi pemain reguler dalam skuad Brendan

Rodgers maka bek sentral berusia 28 tahun itu takkan segan meninggalkan Anfield, klub yang telah dibelanya sejak musim 2006 silam itu. Peran pemain yang selalu menjadi andalan di jantung pertahanan itu perlahan mulai tergeser. Sang pelatih, Rodgers lebih memilih menurunkan Kolo Toure, Martin Skrtel, dan pemain anyar

berbanderol 17 juta pounds, Mamadou Sakho dengan formasi tiga bek. Agger yang menjadi incaran raksasa La Liga, Barcelona musim panas lalu telah menegaskan komitmennya untuk tetap berkostum Liverpool. Namun, dirinya kini mengungkapkan siap meninggalkan klub asal Merseyside itu apabila tak jua masuk starting IX.

“Apabila saya tidak bermain, apabila pelatih tidak berpikir bahwa saya cukup baik, itu dapat membuat saya meninggalkan Liverpool,” tegas Agger, seperti dilansir Sportsmole, Selasa (29/10/ 2013). “Saya di sini untuk bermain sepakbola, tidak ada lain. So, apabila saya tidak bermain sepakbola, maka saya tidak ingin berada di sini lagi,” tutupnya.(okez)


RABU 30 OKTOBER 2013 NOMOR 02410 TAHUN VII

IBUKOTA

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

TERBIT 16 HALAMAN Harga: Rp.2000,Luar Kota + Ongkos Kirim

9

HUT KE 38 HARLEY MANGINDAAN

KAMPUNGRON KELURAHAN TIKALA BARU KECAMATAN TIKALA

Giat kerja bakti di setiap lingkungan GUNA terus mendukung program dari Pemkot Manado agar bisa lebih baik dan semakin maju dari daerah lain, itu membutuhkan peran aktif dari seluruh masyarakat kota ini. Salah satunya adalah program kerja bakti tiap Jumat untuk menuntaskan masalah kebersihan lingkungan, EVA M Kaunang. terus dilakukan oleh pemerintah dengan melibatkan pegawai kecamatan, kelurahan hingga masyarakat. Hal itu diungkapkan oleh Lurah Tikala Baru Kecamatan Tikala, Eva M Kaunang kepada Swara Kita, Selasa (29/10) kemarin. Dikatakan Kaunang, kegiatan kerja bakti ini tidak saja hanya dilakukan setiap Jumat, namun dengan melihat kondisi di lapangan. Baca: Giat ( Halaman 11)

GSVL: Semoga semakin diberi hikmat dan teladan Manado—Perayaan HUT ke 38 tahun Wakil Walikota Harley Ai Mangindaan, terlihat sederhana, namun meriah pada Selasa (29/10) kemarin, dengan hadirnya para pejabat lingkup Pemkot Manado dan terutama kehadiran Walikota Manado GS Vicky Lumentu dan istri tercinta Paula Runtuwene.

Dimulai dengan doa bersama, suasana suka cita tak mudah untuk digambarkan, sebab bercampur baur dengan kebahagiaan terpancar dari sengenap hadirin yang hadir di rumah kediaman di kawasan Perumahan Wenang Permai Kairagi. Dalam sambutannya, GSVL mengaku bangga dan memuji akan kepe-

mimpinan wakilnya dalam pemerintahan. Sebab, selain masih muda dan engerjik, Ai—sapaan akrab—Mangindaan, dikenal sangat cerdas khususnya dalam menjalankan roda pemerintahan bersama dengan walikota hampir 3 tahun berjalan ini. Baca: GSVL ( Halaman 11)

KONFERENSI NASIONAL DMO 2013

Konsep DMO mengangkat dunia pariwisata Manado Manado—Industri pariwisata di Kota Manado, Selasa (29/30) kemarin, menghadiri Konferensi

Nasional Destination Management Organization (DMO). Tidak tanggung-tang-

gung, konferensi ini dihadiri oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata tingkat provinsi, kabupaten/kota, asosiasi, LSM, swasta dan perguruan tinggi se-Indonesia. Konferensi nasional ini membahas konsep DMO sebagai model dalam upaya pengembangan potensi kepariwisataan daerah. Baca: Konsep ( Halaman 11)

WALIKOTA Manado GS Vicky Lumentut, Istri Tercinta Paula Runtuwene dan Wakil Walikota Manado Harley Ai Mangindaan serta Istri tercinta Sheyla Kudati mensyukuri hut yang ke 38 tahun, Selasa (29/10) kemarin.(foto: dewa/sk)

Manado siapkan dana 50 Milyar Penyertaan modal Pemkot Manado ke Bank Sulut mulai dibahas Dekot Manado—Sebagaimana tugas dan fungsi pokok yaitu legislasi dalam Undang-undang Nomor 27 Tahun 2009 tentang MPR, DPR dan DPRD pada Pasal 343 ayat 1 poin A, De-

LEGISLATOR

Agenda komisi jangan saling tumpang tindih Manado—Ketua Komisi D Dekot Manado, dr Richard Sualang mengatakan, pihaknya tengah melakukan penyesuaian kegiatan agenda komisi dengan agenda Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) dewan. Karena menurut Sualang, penyesuaian itu penting agar dalam pembahasan ranperda serta agenda komisi tidak saling tumpang-

tindih dan mengurangi kinerja dewan. “Sekarang ini agenda komisi hanya disesuaikan saja dengan agenda penyelesaian sejumlah ranperda. Jangan lagi kebut-kebutan dan saling tumpang tindih dengan agenda pembahasan lainnya,” kata Sualang, Selasa (29/10) kemarin. Baca: Agenda ( Halaman 11)

kot Manado telah membentuk panitia khusus penyusunan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) terkait penyertaan modal ke Bank Sulut (BS). Lihat saja, sejak Selasa (29/10) kemarin, agenda pembahasan mulai dikebut anggota Dekot Manado yang masuk dalam pansus tersebut. Sekretaris Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Penyertaan Modal kepada Bank Sulut Dekot Manado, Hi Amir Liputo mengatakan, dalam pekan ini, pansus akan segera merampungkan hasil penyusunan ranperda. Liputo mengatakan, salah satu poin penting yang akan dibahas adalah soal berapa besaran penyertaan modal yang akan diinvestasikan di ‘Torang Pe Bank’ itu. “Dalam pekan ini, kami akan

AMIR Liputo.

segera merampungkan hasil ranperda, disertai target penyertaan modal kepada Bank Sulut,” kata Liputo. Dia menjelaskan, kalau target penyertaan modal yang akan direkomendasikan Dekot Manado yakni sebesar Rp50 miliar dengan presentasi 10% dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan jangka waktu 5 tahun. Baca: Manado ( Halaman 11)

PENDIDIKAN

Rp167 juta DAK masuk kas SMPN 13 Manado

“MOHON dukungan doa dan kerjasama dari seluruh warga Kota agar saya terus diberikan kekuatan dan kearifan bersama Bapak

Walikota dalam membangun dan mensejahterakan warga Kota Manado. Bila kita terus bergandengan tangan dan berkomitmen bersama maka tidak akan mustahil Kota Manado akan setara dengan Kota-Kota besar di indonesia,” ujar Wawali. Dalam momen spesial hari ini, Wawali diberi surprise oleh Walikota Manado DR Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA dan Ketua TP PKK Manado Prof DR Paula Lumentut-Runtuwene bersama Kepala SKPD seperti Kadispenda Manado Bismark Lumentut SE memberikan ucapan HUT kepada Wawali di kediaman pribadi Wenang

Permai. “Saya bersama seluruh jajaran Pemerintah Kota Manado bahkan seluruh warga Manado menyampaikan Selamat atas ketambahan usia Wawali. Semoga terus diberikan kekuatan dan umur panjang serta diberikan berkat dalam kehidupan Keluarga Besar Mangindaan-Kudati serta dalam kebersamaan membangun Kota Manado,” kata Walikota. Hadir dalam syukuran yang dilaksanakan secara sederhana tersebut Sekkot Manado Ir MHF Sendoh dan dilanjutkan Ibadah Syukur oleh Jemaat GMIM Victory Kairagi.(adv)

Manado—Tahun ini, SMP Negeri 13 Manado kebagian Rp167 juta DARI Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan. Kepala Sekolah, M Jen Nukuhaly SSos, kepada wartawan, Selasa (29/10) kemarin, mengatakan, DAK akan diperuntukan untuk melakukan rehab ringan terhadap 4 ruangan kelas. “Prosesnya sudah dimu-

lai dan ini MERUPAKAN DAK pertama kepemimpinan saya,” ujarnya. Menurut Nukuhaly, saat ini SMPN 13 Manado memiliki 15 ruang kelas, namun sebagian besarnya sudah rusak dan harus diperbaiki seperti kelayakan atap kelas, jendela, pintu, lantai dan dinding. Baca: 167 ( Halaman 11)

KASUS PENCURIAN

Kapolsek Mapanget bantah tangkap siswa di sekolah Manado—Hebohnya penangkapan siswa SD Inpres Kaiwatu Manado yang diduga terlibat kasus pencurian di salah satu warung milik warga, terus disayangkan sejumlah pihak. Namun begitu, info yang beredar sejauh ini bahwa ke-5 siswa ditangkap oleh pihak kepolisian saat siswa sedang

belajar di dalam kelas, dibantah langsung Kapolsek Mapanget Adri Ratela. Saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (29/10) kemarin via ponsel, Ratela menegaskan, bahwa pihaknya tidak melakukan penangkapan di sekolah. Baca: Kapolsek ( Halaman 11)


Ibukota

RABU 30 OKTOBER 2013

SURAT KABAR HARIAN

10

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

Pemantauan 1 kebersihan dimulai

JAGARON LINGKUNGAN II KELURAHAN MERAS

Wawali: Bersih jangan hanya di jalan protokol!

Berharap dana PBL cepat direalisasikan SARANA infrastruktur dalam bentuk drainasse yang direncanakan sepanjang 108 meter, sudah selesai dikerjakan oleh masyarakat lingkungan II kelurahan Meras dari target sebelumnya yang hanya 105 meter. Kepala Lingkungan II Kelurahan Meras, Handris Nonta HANDRIS Nonta. kepada Swara Kita, Selasa (29/10) kemarin, mengatakan, pembangunan drainasse itu belum selesai sepenuhnya karena dana program Pembangunan Berbasis Lingkungan (PBL) tahap kedua belum juga direalisasikan. “Rencana pembangunan drainasse itu, rencananya sepanjang 293 meter, namun dana yang dicairkan pada saat itu baru sekitar 40 persen sehingga yang baru diselesaikan 108 meter. Baca: Berharap ( Halaman 11)

RELASI

Texas Chicken resmi hadir di itCenter BERDIRI di tempat strategis dengan diapit oleh dua jalan paling padat di pusat Kota Manado, yaitu Jl Sam Ratulangi dan Jl Piere Tendean (Boulevard), itCenter terus menawarkan banyak hal yang seru bagi pengunjung. Berbagai inovasi event dan promo belanja dimodifikasi sedemikian rupa agar selalu menjadi daya tarik baru bagi warga Manado. Menggandeng Texas Chicken, salah satu brand fast food ternama, mall strata title pertama di Manado ini menyulap teras sampingnya menjadi tempat yang asik untuk bersantai bersama sahabat dan keluarga sembari menikmati ayam goreng khas Texas Chicken. “Setelah soft opening ini (kemarin,red), Rabu (hari ini,red) Texas Chicken secara resmi dibuka untuk umum. Baca: Texas ( Halaman 11)

WALIKOTA Manado GS Vicky Lumentut saat melayat di rumah duka Selasa (29/10) kemarin.(foto: dewa/sk)

KEDUKAAN

Prof Lexie Giroth tutup usia

Manado—Walikota Manado GS Vicky Lumentut, Selasa (29/10) kemarin, melayat ke rumah duka almarhum Prof Lexie Giroth SIP MSi DTh, keluarga besar Giroth-Tendean di kelurahan Koya, Kecamatan Tondano Selatan Kabupaten Minahasa. Almarhum tutup usia pada umur 60 tahun. Semasa hidupnya almarhum terakhir menjabat sebagai Guru Besar kampus IPDN Sulawesi Utara. Almarhum yang merupakan mantan Dekan Fakultas Manajemen Pemerintahan dan Direktur IPDN kampus Sulawesi Utara sekaligus kakak kandung dari Asisten Administrasi Umum Pemkot Manado Dra Henny Giroth. Walikota Manado GSVL dalam sambutannya mengatakan, bahwa sebagai umat yang beriman dan percaya harus meyakini

dan mengamini bahwa semua karena maksud dan rencana Tuhan. “Hari ini harinya Tuhan, kita berkumpul disini bukan karena kebetulan, tapi karena ada maksud dan rencana Tuhan mempertemukan kita semua. Atas nama pribadi dan keluarga serta Pemerintah Kota Manado dan jajaran, kami mengucapkan turut berdukacita atas mening-galnya almarhum Prof Lexie Giroth. Doa kami agar ki-ranya keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan, ketabahan dan penghiburan oleh Tuhan Yesus,” kata Walikota pilihan rakyat ini. Lebih lanjut dia menuturkan, kiranya keluarga yang ditinggalkan tetap tabah dan menyerahkan seluruh pergumulan hidup di tangan Tuhan. Baca: Prof ( Halaman 11)

Manado—Sesuai rencana dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) jika pemantauan pertama (P1) akan bergulir pada awal November 2013 ini. Tak heran, persiapan pun menjaga lingkungan tetap bersih dan asri wajib dilakukan di semua wilayah kota Manado. Karenanya, Pemkot Manado mengingatkan agar kepala lingkungan, Lurah dan Camat jangan terlena dengan prestasi Manado yang telah meraih Adipura kategori Kota Besar sejak tahun

2011 hingga 2012 lalu. “Kita jangan terlena dengan prestasi sebelumnya. Karena masih saya temukan saluran air dan jalan di lorong-lorong kurang bersih. Untuk itu saya minta agar menjaga lingkungan tetap bersih jangan hanya di jalan protokol,” tegas Wawali Harley ‘Ai’ Mangindaan, Selasa (29/10) kemarin. Dengan kondisi itu, Ai menjanjikan kembali akan turun di sudut-sudut kota untuk memantau langsung kebersihan. “Saya akan

jalan lagi. Mulai loronglorong hingga sekolah dan rumah sakit akan saya cek, apakah mendukung program pemerintah Manado atau tidak. Saya berharap jangan hanya ada Adipura baru lingkungan kita sendiri langsung bersih,” pesan Wawali. Kepala BLH Manado, Joshua Pangkerego yang dikonfirmasi terkait dengan P1 menyatakan benar akan digulir pada awal November sehingga tiap wilayah harus mengawal kebersihan lingkungannya

masing-masing. “Pada Kamis (esok, red) akan dilakukan rapat koordinasi untuk gerakkan semua pihak melakukan kesiagaan menghadapi P1 Adipura,” ujarnya. Lanjutnya, pada tahun lalu, Manado masuk nominasi Adipura Kencana meski belum berhasil. Untuk tahun 2014, dia berharap menjadi kesempatan baik untuk masuk lagi di nominasi Adipura Kencana. Baca: Pemantauan ( Halaman 11)

SOROTAN

Bekas proyek galian ancam keselamatan pengendara Manado—Proyek galian dari salah satu perusahaan di Jl Hasanudin Kecamatan Tuminting, mulai dikeluhkan oleh pengguna jalan, terlebih pengendara. Pasalnya, lubang bekas galian dari PT Air Manado yang berada

tepat di depan Restauran Monalisa itu dinilai bisa menimbulkan kecelakaan bagi pengendara karena penimbunan hanya dilakukan secara asal-asalan. Baca: Bekas ( Halaman 11)

KANTOR Camat Singkil sudah 4 tahun lamanya direnofasi, namun tak kunjung selesai sehingga sangat mengganggu pelayanan dari pemerintah ke masyarakat.(foto: lukman/sk)

PEMBANGUNAN

4 tahun direnovasi, kantor Camat Singkil tak selesai

Baca: Tim ( Halaman 11)

LUBANG galian yang hanya di timbun sementara seperti ini dinilai bisa berbahaya bagi setiap pengendara sepeda motor.(foto: lukman/sk)

Manado—Renovasi kantor Camat Singkil yang berada di pertigaan Jl Hasanudin dan Jl Ari Lasut, muali mendapat sorotan dari masyarakat sekitar. Pasalnya, proyek renovasi dari pemerintah sudah berjalan 4 tahun, namun pengerjaan-

nya tak kunjung selesai sehingga belum bisa ditempati pegawai kecamatan. Akibatnya, para pegawai Kecamatan Singkil ini harus meumpang tempat di Kantor Kelurahan Karame. Baca: 4 tahun ( Halaman 11)

Sherly Mangore, penjual ornamen

Apa pun yang didapat, selalu disyukuri

Berkeliling sambil berjalan kaki untuk menjual ornament khusus bagi umat Christiani atau Kristen, sudah terbiasa dilakukannya. Apalagi dalam usaha tersebut sering ditemani suami tercintanya.

TEXAS Chicken, salah satu brand fast food ternama kini hadir di itCenter.

HAL itu yang dirasakan oleh Sherly Mangore, warga asal Desa Rumengkor selama 20 tahun terakhir ini. Setiap hari, dirinya datang ke Kota Manado untuk berdagang ornament itu sejak pukul 08:00 Wita bersama dengan suaminya Ferdy Tarore.

Pasar dan pemukiman warga menjadi tempat dia dan suaminya itu menawarkan ornament yang dijualnya sekitar Rp15.000 per buah untuk ornament berbentuk Salib dan Rp25.000 untuk gambar 3 dimensi. Keuntungan pun

bisa diperoleh keduanya hingga Rp250 ribu setiap hari jika mereka berhasil menjual 30 ornamen. Namun, berapa pun keuntungan yang diterima kedua, mereka tetap bersyukur karena berkat itu datang dari Tuhan. Keuntungan tersebut akan

FATHIA TJUNGKENG

SUBARU FORESTER A/T TAHUN 2007

MITSUBISHI LANCER EX TAHUN 2008

CHEVROLET BLAZER TAHUN 2003

TOYOTA SPR. KIJANG 1.8 LONG THN 1995

AC,Tape,Velg,PS, PW, CL, MIRROR, KM 44.000, MULUS. OTR Rp 215 jt, UM : 95 jt , Angsuran Rp 4.898.000 X 35 Bulan Asuransi TLO 3 thn

UM Rp. 203 jt, angsuran Rp. 7.300.000 x 28 bulan ( Lanjut Kredit )

Chevrolet Blazer Tahun 2003 AC, Tape, Velg, PS, PW, CL, Mulus Sekali, UM Rp. 25 jt, angsuran Rp. 2.435.000 x 21 bln, Ass All Risk.

Siap pakai Rp 49 jt, UM : 15jt, Angsuran Rp 1.498.000 X 35 bulan

DAIHATSU TERIOS TS EXTRA TAHUN 2011 Harga Rp. 115 jt, UM Rp. 30 jt, angsuran Rp. 3.100.000 x 48 bln

HONDA STREAM TAHUN 2002 AC,Tape,velg,PS,P W,CL,Alarm,Mulus sekali. OTR Rp. 165 jt, UM Rp. 31 jt, Angsuran Rp. 4.299.500 x 47 bln. Asuransi All Risk 1 tahun, TLO 3 tahun

TOYOTA KIJANG INNOVA G EURO TAHUN 2008

AC, Tape, DB, Velg, PS, PW, CL, alarm, Rp 169 jt, UM Rp. 25 jt, angsuran Rp. 4.750.000 x 47 bulan, Asurans All Risk 1 tahun, TLO 3 tahun.

Toyota Kijang Innova Tahun 2004

AC, Tape, velg, PS, PW, CL, Mulus, UM Rp. 45 jt, angsuran Rp. 2.768.900 x 29 bln Lanjut Kredit

AC, tape, velg, PS, PW, CL, Rp. 129 jt, UM Rp. 26 jt, angsuran Rp. 3.498.000 x 47 bln.

dipergunakan oleh keluarga Sherly untuk kebutuhan sehari-hari dan juga biaya sekolah bagi kedua anak mereka yang sudah duduk di bangku sekolah tingkat menengah atas. Baca: Apa ( Halaman 11)

SHERLY Mangore, penjual ornamen.

0852 5691 1778, 0853 4050 9800

ISUZU PANTHER PICK UP TURBO TH. 2007

TOYOTA ALTIS G TAHUN 2003

DAIHATSU TERIOS TX TAHUN 2010

TOYOTA VIOS E TAHUN 2004

SUZUKI GRAND ESCUDO XL 7 THN 2005

Suzuki Carry 1.5 DRV Tahun 2002

Mulus sekali, Rp. 86 jt, UM Rp. 15 jt, Angsuran Rp. 3.099.000 x 35 bln

UM Rp. 25 jt, angsuran Rp. 3. 598. 000 x 47 bulan.

Daihatsu Terios TX Tahun 2010 Rp. 159 jt, UM Rp. 32 jt, angsuran Rp. 4.298.000 x 47 bln. Ass All Risk 1 tahun.

AC, tape, velg, PS, PW, CL, Rp 95 jt, UM Rp. 17 jt, angsuran Rp. 2.789.000 x 47 bln, asuransi all risk.

AC, Tape, velg, PS, PW, CL, DB, alaram, Rp. 110 jt, UM Rp. 25 jt, angsuran Rp. 3.598.000 x 35 bln.

Suzuki Carry 1.5 DRV Tahun 2002 Siap Pakai Rp. 65 jt, UM Rp. 15 jt, angsuran Rp. 2.100.000 x 35 bln.

Isuzu Panther HONDA ALL NEW JAZZ Tahun 2009 PUTIH LS Tahun 2002 OTR Rp. 95 jt, UM Rp. 16 jt, angsuran Rp. 2.650.000 x 47 bln.

CJ TAHUN 1984

OTR Rp 179 jt, UM Rp. 36 jt, Angsuran Rp 4.750.000 X 47 bulan, Asuransi All Risk 1 tahun, TLO 3 tahun.

ISUZU PANTHER TOURING 2009/2008

MITSUBISHI TS PU TH. 2004

Model Jeep Wrangler bagus sekali Rp. 175 jt

Mulus, Rp 45jt,UM Rp 15jt, Angsuran Rp 1.358.000 X 36 bulan.

UM Rp. 30 jt, angsuran Rp. 4.550.000 x 47 bln, ass all Risk 1 thn. OTR Rp. 165 jt

TOYOTA STARLET THN 1996 TURBO LOOK AC, Tape, velg, PS, PW, CL, mulus sekali, Rp. 99 jt, UM Rp. 29 jt, angsuran Rp. 2.386. 000 x 48 bln.


Ekonomi

RABU 30 OKTOBER 2013

Pelaku industri harapkan harga gas stabil KAMAR Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia berharap penerapan Permen ESDM No 19 tahun 2009 tentang implementasi open access bagi pemilik transmisi pipa gas dapat memberi angin segar bagi sektor industri. Pelaku industri menginginkan adanya harga gas yang stabil dan tidak kembali naik. “Yang diinginkan industri pasokan jelas dan harga tidak naik begitu saja. Beleid open access diharapkan dapat menjadi pelaku usaha hulu dan trader gas menjual sumber energi itu dengan kompetitif,” ungkap Wakil Ketua Komite Tetap Advokasi Hukum, Kadin, Rudy D Siregar saat diskusi dengan media di Hotel Manhattan, Jakarta, Selasa (29/10/2013). Karenanya itu Kadin berharap intervensi pemerintah terhadap kestabilan harga gas industri dapat terjadi, di tengah banyaknya kendala yang dihadapi oleh pelaku usaha. “Belum lama ini kita ketahui harga gas juga diusulkan kembali naik oleh Satuan Kerja Khusus Pelaksana Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dengan mengikuti harga keekonomisan internasional. Sementara tarif listrik dan lainnya juga naik,” jelasnya. Rudy menambahkan, belum lama ini Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi juga naik. Ditambah penguatan mata uang dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah menjadi komponen yang membebani pelaku usaha dalam menjalankan kinerja operasi. “Yang terbaru sekarang upah bakal kembali naik. Bisa-bisa industri tidak jalan atau beroperasi kembali. Padahal industri memberi kontribusi besar terhadap ekonomi,” tandasnya.(okez)

Demo UMP jadikan RI tidak kompetitif Jakarta—Aksi demo yang dilakukan buruh dalam beberapa waktu lalu sudah menyebabkan para pelaku industri dalam negeri dinilai tidak mempunyai daya saing atau kompetitif lagi. Belum lagi rencana aksi demo dan

mogok kerja besar-besaran yang dilakukan oleh buruh pada 31 Oktober dan 1 November 2013. Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi menuturkan, bahwa demo kemarin tidak

Manado ... dari Halaman 9 “Jadi sekitar Rp10 miliar diinvestasikan dalam jangka waktu 5 tahun atau totalnya tidak kurang dari Rp50 miliar,” kata Liputo yang juga Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) ini. “Kalau tidak ada Perda, maka suntikan dana tersebut tidak bisa diberikan karena tak ada landasan hukum. Makanya kita membuat Perda ini,” timpalnya. Anggota Pansus, Sonny Lela menambahkan, pemberian investasi penanaman modal yang kian besar di Bank Sulut untuk meningkatkan jumlah investasi dan menjaga Bank Sulut sebagai salah satu bank daerah yang kian eksis. “Investasi seperti ini dibutuhkan bagi bank-bank daerah agar tidak mati suri. Dan sebagai lembaga dekot, kami merasa perlu untuk memberikan topangan penganggaran peningkatan jumlah penanaman modal. Sebagai upaya juga agar Bank Sulut kian eksis dan menjadi kebanggan di tanah Toar Lumimuut ini,” tambahnya. Sekadar diinformasikan, personil pansus penyertaan modal ke Bank Sulut diketuai oleh Franklyn Sinjal, Wakil Ketua Sonny Lela, Sekretaris Amir Liputo dengan beberapa personil anggota Pansus lainnya.(dede)

167 ... dari Halaman 9 “Untuk sekarang kami mulai melakukan perbaikan seng, plafon, konseng, pintu jendela, pintu, fentilasi, cat, dan lantai. Diharapkan dengan pembangunan ini akan menunjang Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah, sekaligus untuk kenyamanan siswa agar mereka belajar dengan baik untuk mencapai prestasi yang diharapkan,” lanjutnya. Pada kesempatan tersebut, Nukuhaly juga memuji kebijakan Walikota dan Wakil Walikota Manado yang dinilai adil terhadap sekolah di Manado tanpa membedakan status negeri ataupun swasta. “Saya ucapkan terima kasih pada pemerintah yang selalu dan tidak putus-putusnya membantu sekolah untuk meningkatkan pendidikan yang ada di Kota Manado. Karena, dari informasi yang saya terima, DAK diberikan kepada 12 SMP Negeri kecuali SMPN 1 dan SMPN 10, juga diterima puluhan SMP swasta lainnya. Itulah hebat Pemkot Manado karena memberikan perhatian lebih kepada sekolah negeri dan swasta,” kunci Nukuhaly.(emem)

Kapolsek ... dari Halaman 9 Tapi guru di SD Inpres Kaiwatu dan orang tua siswa yang membawa langsung siswa itu ke Polsek Mapanget. “Guru dan orang tua sendiri yang antar langsung siswa itu ke Polsek Mapanget, bukan anggota kami yang menangkap para siswa ini saat jam belajar,” tandasnya sembari merasa heran dengan berita yang beredar kalau anggota Polsek Mapanget yang melakukan penangkapan di sekolah. Dikatakannya, saat berada di Polsek Mapanget, para siswa diberi pembinaan, kemudian pada malamnya dikembalikan kepada orang tua mereka masing-masing. “Ya kami hanya melakukan pembinaan dan musyawarah dengan pemilik kantin di sekolah itu, sebab yang mereka (siswa,red) curi hanya makanan ringan,” pungkasnya.(emem)

Giat ... dari Halaman 9 “Terkadang setiap hari Rabu, saya sendiri sudah memprogramkan kegiatan kerja bakti di setiap Lingkungan secara bergiliran. Hal tersebut bertujuan agar lingkungan terus terpelihara sebagaimana yang diharapkan Walikota dan Wakil Manado,” ungkapnya. Ditambahkan Kaunang, upaya yang dilakukannya, meski perlahan, tapi pasti akan sangat membantu program Pemkot Manado dalam menjaga kebersihan kota. “Itu semua demi mempertahankan Adipura Manado sehingga kebersihan harus menjadi prioritas masyarakat untuk mendukung program kebersihan dari pemerintah,” katanya.(elha)

Selasa (29/10/2013). Dirinya menambahkan, dengan aksi demo meminta kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) juga banyak membuat perusahaan padat karya menggulung tikar. Belum lagi bagi masyarakat

Berpikir dan Berbuat

11

yang hanya bersekolah dengan tingkat sekolah dasar (SD) saja. “Kasihan jadi bekerja yang menjual-menjual makanan pinggir jalan, kasihan kan mereka kena imbasnya,” tambahnya. Namun, Sofjan menjelaskan, solusi yang tepat terkait permasalahan UMP yang terus dituntut naik oleh buruh, yaitu dengan

mencapai batas komponen hidup layak (KHL) secara keseluruhan. “Perusahaan besar harus, kalau perusahaan kecil terserah mau ikut atau tidak, kalau tidak sanggup ya tidak apa-apa. Yang penting batas KHL sudah kita capai. Jangan lagi ditentukan oleh pemerintah, sesuai perusahaan saja,” ujarnya.(okez)

Jepang beli cengkih Sulut Rp210 ribu/kg Disebabkan kualitas yang sangat baik

Kemenkeu bagi dana infrastruktur tambahan Rp27 T KEMENTERIAN Keuangan menyatakan tambahan belanja sebesar Rp27 triliun yang tercantum dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2014, paling besar dialokasikan ke Kementerian Pekerjaan Umum. “Paling tinggi itu Kementerian PU (Pekerjaan Umum) sekitar Rp9 triliun,” kata Plt Direktur Jenderal (Dirjen) Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani di gedung Kementerian Keuangan, Selasa (29/10/2013). Menurut Askolani, tambahan dana belanja mayoritas diperuntukkan bagi anggaran infrastruktur, sehingga Kementerian PU mendapatkan dana terbanyak. Sedangkan sisanya dialokasikan untuk Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sekitar Rp900 miliar sampai Rp1 triliun, Kepolisian RI sekitar Rp3 triliun, Kementerian Pertahanan Rp2 triliun, Kementerian Kesehatan Rp1,6 triliun. Pemerintah menganggarkan pengadaan infrastruktur 2014 mencapai Rp188 triliun dan mendapatkan tambahan anggaran sebesar Rp27 triliun yang ditetapkan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melalui rapat paripurna.(inic)

hanya membuat industri tidak kompetitif, malah membuat angka pengangguran di Indonesia bertambah. “Akhirnya buruh-buruh kita enggak dapat kerja,” kata Sofjan saat Konferensi Pers di Gedung Permata Kuningan, Jakarta,

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA

SOLUSI yang tepat terkait permasalahan UMP yang terus dituntut naik oleh buruh, yaitu dengan mencapai batas komponen hidup layak (KHL) secara keseluruhan.(foto:ist)

Manado—Negara “Matahari Terbit” Jepang membeli salah satu komoditas andalan Provinsi Sulut yakni cengkih dengan harga sekitar Rp210 ribu per kilogram (kg). Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut, Olvie Atteng mengatakan, baru baru ini Provinsi Sulut mengekspor komoditi

“Emas Coklat” atau cengkih sebanyak 750 kilogram. Dikatakan Atteng, cengkih yang dikirim sebanyak 750 kilogram tersebut mampu menghasilkan devisa bagi daerah sebesar USD16.500. “Cengkih Sulut dibeli oleh Jepang dengan harga USD22 per kilogram atau sekitar Rp210.000 per kilogram.

kreatifitas atau keunggulan yang baru. Nah, Manado sendiri selain ada jembatan timbang, di TPA akan membangun pemanfaatan energi lampu jalan solar seal

yang ramah lingkungan. Kita berharap upaya yang baru itu bisa menjadikan Manado mendapatkan Adipura Kencana,” kata Pangkerego.(teem)

restauran ini saat ada pesta perkawinan, otomatis jalan menjadi macet sehingga pinggiran jalan ini sering dijadikan jalur alternatif bagi pengendara sepeda

motor seperti saya untuk melintas. Kalau tidak hatihati, kami sebagai pengendara bisa celaka dengan kondisi jalan seperti ini,” ungkapnya.(elha)

Prof ... dari Halaman 10

Pemantauan ... dari Halaman 10 Pasalnya, menurut Pangkerego, berbagai upaya menutupi kelemahan tahun lalu kini telah dilakukan seperti pengadaan jembatan timbang di TPA Su-

mompo sesuai syarat KLH. “Tapi selain itu, kita juga harus membuat sesuatu lompatan ke depan di luar jangkauan daerah lain. Kota dituntut membuat inovasi

Bekas ... dari Halaman 10 Salah satu pengendara roda dua, Mimin mengatakan, kalau galian yang sudah dilakukan oleh perusahaan itu sejak 3 hari lalu, sangat beresiko bagi

pengguna jalan karena lubangnya hanya di timbun asal-asalan tanpa pengerasan. “Memang lubang itu berada di pinggiran jalan, namun

4 tahun ... dari Halaman 10 Salah satu pekerja kantor camat, Iwan kepada wartawan Swara Kita, Selasa (29/ 10) kemarin, mengaku belum bisa dipastikan akan selesai kapan. “Sekarang ini pengerjaan sedang melakukan finishing di bagian dalam bangunan

kantor camat ini. Hanya saja kami belum mengetahui secara pasti kapan bangunan ini sudah bisa dipergunakan,” ucapnya. Warga masyarakat Singkil, David Hutuba mengharapkan agar pengerjaan bangunan ini bisa sece-

patnya selesaikan sehingga bisa melayani masyarakat. Pasalnya, tidak semua warga di Kecamatan Singkil mengetahui lokasi kantor camat yang ada untuk sekarang ini. “Banyak warga yang datang mengurus keleng-

kapan administrasi sering bertanya-tanya kalau kantor atau pelayanan dari pemerintah kecamatan sudah pindah di mana. Jadi kami harapkan agar pembangunan kantor camat ini bisa secepatnya diselesaikan,” harap Hutuba.(elha)

berkat serta rezeki saja yang di peroleh, namun disisi yang lain sebenarnya pahala juga sangat kami

harapkan dalam berdagang ornament bagi umat Christiani ini,” ungkapnya.(elha)

bencana banjir,” ucapnya seraya menambahkan, kalau dana lanjutan PBL yang akan di terima nantinya sudah

disusun dengan anggaran untuk pembangunan jalan setapak di setiap lorong yang berada di lingkungannya.(elha)

ulang tahun. Selamat bersukacita atas berkat tuhan yang dinikmati saat ini, semoga kedepan semakin hari semakin diberi hikmat dan teladan Manado yang kita cintai ini,” kuncinya.

Sementara itu, kesederhanaan keluarga besar Mangindaan-Kudati dalam keseharian mereka bukan hanya sebatas kata, namun terbukti saat merayakan HUT ke-38 dari Wawali Manado Harley Mangindaan dirayakan penuh kesederhanaan tanpa acara megah dan persediaan yang mewah. “Pilih ulang tahun dirayakan bukan di rumah dinas (Rudis Wawali) karena memang lagi kangen saja rumah di Perumahan Wenang ini,”

ungkap Wawali. Menariknya, untuk menjamu para tamu yang datang memberikan ucapan HUT, Wawali mengundang pedagang gerobak dorong Siomay. Tak ketinggalan, menu tersebut ikut dicicipi Walikota Manado GS Vicky Lumentut bersama Ketua TP PK Manado Prof DR Julyeta Paulina Amelia Runtuwene MS DEA bersama para rombongan seluruh kepala SKPD pemkot manado yang datang ke rumah pribadi Wawali serta para warga setempat. “Ini menarik, disaat merayakan ulang tahun, Wawali masih juga memikirkan bagaimana menghidupkan mata pencarian para pedagang kecil seperti pedagang gerobak dorong siomay. Saya pribadi salut akan ide Wawali ini,” ungkap Sekkot Manado Ir Haefrey Sendoh. Kendati terkesan penuh

Kreatif RI yang menggagas konferensi ini diapresiasi Wawali karena bisa berbagi pengalaman dalam pengelolaan destinasi pariwisata.”Semoga dengan adanya DMO di Manado dapat mengoptimalisasikan potensi lokal, m e m p e r c e p a t pembangunan pariwisata daerah, mengurangi egoisme otonomi sehingga manajemen destinasi lebih dinamis serta mendorong penguatan daya saing ditataran nasional dan

internasional,” tambah Wawali. Hadir dalam kegiatan tersebut, Ir Firmansyah Rahim MM Direktur Jenderal Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Lokot Ahmad Enda, MM Direktur perancangan destinasi dan investasi pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI serta I Gede Ardika mantan Menbudpar RI Tahun 2000-2004.(teem)

Apa ... dari Halaman 10 “Sebenarnya kami berdua sebagai suami istri merasa bersyukur kepada Tuhan atas berkat yang selalu

diberikan lewat hasil dagangan ini. Apalagi kami juga sangat berharap, bukan hanya keuntungan

Berharap ... dari Halaman 10 Saya sangat berharap dana PBL tahap II ini bisa cepat turun untuk direalisasikan pada pembuatan lanjutannya.

Sebab sangat dikuatirkan kalau pembuatan lanjutan drainase belum diselesaikan, warga sangat kuatirkan akan

Harga yang cukup tinggi ini diimbangi dengan kualitas produk cengkih asal Sulut yang sangat baik dibandingkan yang diproduksi daerah daerah lain,” tukasnya. Cengkih yang diekspor ke Jepang tersebut, kata Atteng yakni cengkih dengan kualitas pilihan atau yang paling baik. Untuk itu, petani jangan khawatir

karena produk cengkih asal Sulut sangat diminati masyarakat luar negeri. “Petani di Sulut jangan ragu untuk menanam atau memelihara cengkih, sebab pasaran dunia sangat meminati produk komoditas ini,” bebernya. Sementara itu, jika dibandingkan saat ini harga cengkih di sentra perdagangan Kota Manado dan sekitarnya berada dikisaran Rp135.000 per kilogram.(haer)

“Kita yakin sebagai orang percaya, mesti berserah diri karena Tuhan tidak akan memberi cobaan melebihi kemampuan manusia. Saya mengajak keluarga untuk boleh bersyukur karena boleh mempunyai seorang suami, kakak, ayah dan opa yang dalam pemaknaan hidup tidak akan dilupakan oleh

banyak orang. Sebab semasa hidup, almarhum merupakan tenaga perintis awal untuk membesarkan IPDN. Almarhum sudah banyak berbuat untuk kepentingan bangsa dan negara. Maka saya titipkan bagi keluarga untuk melanjutkan cita-cita almarhum yang belum tercapai,” tuturnya.(dede)

Texas ... dari Halaman 10 Dalam rangka Grand Opening ini pula, Andra and The Backbone akan datang untuk meet and greet bersama penggemar mereka di Kota Manado” jelas Hilman, perwakilan dari Texas Chicken. “Makanya jangan sampai ketinggalan, anda bisa ketemu langsung dan ngobrol bareng Andra and The Backbone di Texas Chicken itCenter” tambahnya sambil tersenyum. Kesempatan ini pasti tidak akan dilewatkan oleh pecinta Andra and The Backbone, apalagi bisa ngobrol santai bareng sambil menikmati berbagai menu yang ditawarkan Texas Chicken dengan harga super hemat.

Makanya jangan kelewatan, ajak juga saudara, keluarga, sahabat dan rekan kerja anda untuk ke itCenter hari ini, dan nikmati waktu makan bersama anda dengan konsep teras café hanya di Texas Chicken di samping pintu masuk utama itCenter. Bukan hanya itu saja, masih banyak event – event menarik yang dipersiapkan tim kreatif itCenter untuk anda. Ada event setiap sabtu sore hingga malam bersama XL di depan pintu utama, hingga Lomba kreatifitas anak, Pameran Foto, PES Competition dan pemilihan Putri Bunga, serta Putra–Putri Pariwisata Sulut 2013.(*)

kesederhaan, namun acara tersebut bukan berarti tidak memiliki makna besar dalam kehidupan keluarga Wawali, namun ucapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa secara mendalam dan tulus ikut disampaikan. “Yang penting saya dan keluarga sehat-sehat, saya sudah sangat bersyukur kepada Tuhan. Karena saya yakin doa warga Manado sangat membantu saya termasuk dalam tugas sebagai Wakil Walikota Manado,” terang Ai. Dengan didampingi istri tercinta Seyla MangindaanKudati serta anak-anak tercinta Ruvell, Robben dan Readyn dengan penuh

syukur Wawali memasang lilin hari ulang tahun dan membagikan kue HUT sebagai tanda kasih dan kebersamaan. “Saya bersama seluruh jajaran Pemerintah Kota Manado bahkan seluruh warga Manado menyampaikan selamat atas ketambahan usia Wawali. Semoga terus diberikan kekuatan dan umur panjang serta diberikan berkat dalam kehidupan keluarga besar Mangindaan-Kudati serta dalam kebersamaan membangun Kota Manado,” kata Walikota. Ibadah syukur HUT Wawali dilaksanakan oleh Jemaat GMIM Victory Kairagi.(dede/teem)

GSVL ... dari Halaman 9

UNDANG GEROBAK SIOMAY

HUT Wawali Manado Harley Mangindaan ke-38 dimeriahkan dengan gerobak dorong pedagang siomay.(foto:ist)

“Dengan ulang tahun ke38 ini, semakin semangat diberkati Tuhan untuk menjalankan tugas sebagai Wakil Walikota di tengah panggilan tugas lainnya,” ujar GSVL. Tak lupa juga dalam kebersaman tersebut, Walikota yang dikenal pro rakyat ini memberikan pesan

untuk putra Menteri Perhubungan RI EE Mangindaan itu. “Digenapkan usia ke-38 tahun ini, mari kita bersyukur berkat yang kita nikmati saat ini. Atas nama keluarga Pemkot Manado, Sekkot, Asisten, Kadis, kepala bagian, camat, lurah dan seluruh jajaran Pemkot Manado sampaikan selamat

Konsep ... dari Halaman 9 Tak ayal, Wawali Manado Harley Mangindaan yang hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan terima kasihnya dan apresiasi karena telah mempercayakan kota Manado menjadi tuan rumah seminar DMO 2013. “Pengembangan destinasi pariwisata sekarang diarahkan untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing dalam konstelasi nasional dan internasional. Trend sekarang, destinasi pariwisata merupakan unsur vi-

tal dalam pengembangan kepariwisataan, sekaligus menjadi penggerak utama bagi wisatawan. Untuk itu, saya berterima kasih akan dilangsungkannya seminar ini di kota Manado. Konsep DMO tentunya akan didukung penuh Pemkot Manado karena dampaknya sangat positif bagi dunia periwisata di Manado,” ungkap Wawali. Tak luput, Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi

Agenda ... dari Halaman 9 Dia menjelaskan, penyelesaian sejumlah ranperda memang sementara berada dalam masa-masa penyusunan akhir, mengingat pada masa akhir sidang dalam waktu dekat sudah harus rampung. “Biasanya pada bulan Januari, masa akhir sidang,” jelas Ketua DPC PDIP ini. Meski demikian, Sualang menuturkan akan tetap berkoordinasi dengan anggota-anggota komisi serta masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasinya sehubungan dengan fungsi dan tugas dari komisi yang membidangi kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan ini. “Kita tetap berkoordinasi dengan anggota komisi untuk menindaklanjuti aspirasi

masyarakat yang masuk. Bila ada warga yang membutuhkan bantuan komisi, maka akan kami seriusi,” tegas Sualang. Lanjut, dikatakan anggota Komisi C Dekot Manado Meery Sidartha, agenda komisi dalam waktu dekat juga akan semakin padat. Pasalnya, sudah akan masuk pada ranperda APBD 2014. “Jadi pimpinan dewan dan ketua komisi harus pintarpintar menetapkan kapan waktu yang tepat untuk menjalankan agenda komisi agar tidak berbenturan dengan agenda dewan lainnya. Kami takutkan nantinya pembahasan tidak akan maksimal bagi masyarakat,” kuncinya.(dede)


Mintom Minahasa, Tomohon

RABU 30 OKTOBER 2013

PEMERINTAHAN

Pemkot lakukan penataan dan pengembangan OPD PEMKOT Tomohon lewat Bagian Administrasi Organisasi Sekretariat Daerah Kota Tomohon, Selasa (29/10) kemarin, melaksanakan kegiatan Fasilitasi Organisasi Perangkat Daerah di Aula Naga Mas Kelurahan Kamasi Kecamatan Tomohon Tengah. Kepala Bagian Administrasi Organisasi Setda Kota Tomohon, Ir Themry Lasut Map menjelaskan maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk mengoptimalkan kinerja dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan hasil yang diharapkan adalah untuk mendapatkan masukan dari peserta. Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak melalui Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Tomohon Dra Truusje Kaunang mengatakan, bahwa dalam rangka pelaksanaan penataan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 41 tahun 2007, untuk mengoptimalisasikan pelaksanaan peraturan pemerintah. “Maka Pemkot Tomohon akan melakukan penataan dan pengembangan OPD. Dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, kepala daerah di bantu oleh perangkat daerah yang terdiri dari unsur staf yang membantu penyusunan kebijakan dan koordinasi di wadahi dalam sekretariat, unsur pengawas yang di wadahi dalam bentuk Inspektorat, unsur perencana yang di wadahi dalam bentuk badan, unsur pendukung tugas kepala daerah dalam penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah yang bersifat spesifik, di wadahi dalam lembaga teknis daerah, serta unsur pelaksana urusan daerah yang di wadahi dalam dinas daerah,” katanya.(gebe)

HARI PANGAN

BKP Tomohon “jual” Tinutuan di Padang BADAN Ketahanan Pangan (BKP) Kota Tomohon akan memanfaatkan peringatan Hari Pangan se-Dunia di Minangkabau Hall, Padang Sumatera Barat dengan “menjual” atau mendemo cara pembuatan masakan khas Minahasa yakni Tinutuan. Hal itu dikatakan oleh Kepala BKP Kota Tomohon, Ir Nova Rompas, Selasa (29/10) kemarin. “Kegiatan ini akan diikuti seluruh daerah di Indonesia dengan menampilkan produksi pangan lokal daerah masing-masing. Staf BKP dan bekerjasama dengan pihak Dharma Wanita Kota Tomohon, rencananya besok (hari ini, red) akan segera berangkat ke sana. Tomohon sendiri akan menampilkan masakan Tinutuan disana,” kata Rompas yang menambahkan pelaksanaan Hari Pangan se Dunia di Padang akan digelar selama 4 hari. Usai peringatan Hari Pangan di Padang, menurut Rompas, BKP Kota Tomohon juga akan menggelar lomba cipta menu antar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) se-Kota Tomohon.(gebe)

SURAT KABAR HARIAN

12

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

2014, Tomohon ketambahan 2 unit mobil pengangkut sampah Pasar Beriman ditambah konteiner sampah Tomohon—Guna mempertahankan piala Adipura, maka Pemkot Tomohon akan berupaya menyiapkan berbagai sarana pendukung pendukung berupa penyediaan mobil angkutan

sampah. Bahkan, pada tahun 2014 mendatang, Kota Tomohon akan mengadakan 2 unit kendaraan angkutan sampah. Kepala Dinas Tata Ruang, Pertamanan dan

P e r s a m p a h a n (Distarumansa) Kota Tomohon, Royke Roeroe mengakui adanya penambahan 2 unit mobil pengangkut sampah. Hanya saja, kedua kendaraan itu tidak sepenuhnya masuk dalam APBD 2014 karena salah satunya merupakan bantuan dari Bank Sulut. “Kalau memang ada bantuan

dari Bank Sulut, maka tahun depan, sarana pengangkut sampah Tomohon akan ketambahan 2 unit,” jelas Roeroe kepada wartawan, Selasa (29/10) kemarin. Lanjut dikatakannya, selain adanya penambahan mobil pengangkut sampah, Pemkot Tomohon juga akan menyediakan konteiner sampah untuk ditempatkan

HIV/AIDS

Karinda: Penderita jangan dijauhi Tomohon—Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tomohon, Olga Karinda mengatakan, penderita HIV/AIDS tidak harus dijauhi dan dikecilkan karena mereka juga manusia yang membutuhkan perhatian yang sama seperti kita. Hal itu dikatakan Karinda dalam kegiatan pelatihan kader untuk mencegah HIV/AIDS di Aula Kawanua Cottage, Selasa (29/10) kemarin. “Penyakit HIV/AIDS memang rentan menular kepada masyarakat, namun bukan berarti kita harus menghindari si penderita. Jadi yang harus kita hindari adalah perilaku seks bebas dan menggunakan narkoba,” tukasnya. Lanjut dikatakannya, untuk mencegah dan menekan laju penyebaran penyakit mematikan itu, maka Pemkot Tomohon menyiapkan kader yang berasal dari berbagai elemen masyarakat. Kaderkader ini telah dibekali dengan berbagai pengetahuan mengenai

PELATIHAN kader untuk mencegah HIV/AIDS yang dilaksanakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tomohon.(foto:glen/sk)

HIV/AIDS, penyebaran, hingga ancaman bahaya lainnya serta cara untuk mengantisipasi agar tidak menulai ke warga lainnya. “Para kader ini kita berikan

pemahaman berupa teori dan praktek agar mereka tidak menjauhi penderita, tapi merangkul agar mau untuk berobat ke pusat kesehatan terdekat. Sebab,

penyakit ini umumnya menular melalui jarum suntik dalam penyalahgunaan narkoba serta hubungan seks bebas,” terangnya.(gebe)

CPNS 2013

Siap dikawal Dekot Tomohon Tomohon—Perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Pemkot Tomohon, saat ini sudah dalam tahapan pembagian kartu ujian oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Tomohon. Sejumlah warga pun mengharapkan agar dalam perekrutan CPNS ini tidak terjadi kecurangan seperti jatah-jatahan dari pejabat lingkup Pemkot Tomohon. Untuk itu, Komisi A Dekot Tomohon menyatakan siap mengawal jalannya proses perekrutan CPNS agar tidak terjadi penyimpangan. Hal itu dikatakan oleh Ketua Komisi A Dekot Tomohon, Drs Paulus Sembel. “Sebagai Ketua Komisi A, saya mewarning agar penerimaan CPNS di Kota Tomohon tidak ada jatah-jatahan atau titipan pejabat atau kelompok tertentu. Ini juga harus menjadi perhatian Walikota Tomohon agar tidak menjadi preseden buruk ke depan dalam rangka menghasilkan PNS

yang benar-benar terekrut sesuai mekanisme dan kompetensi,” kata Sembel kepada wartawan, Selasa (29/10) kemarin. Dikatakannya, jika indikasi ini terjadi, maka Komisi A akan mengambil langkahlangkah untuk memanggil hearing BKD Tomohon dan selanjutnya akan memprosesnya sampai ke ranah hukum. “Saya tidak main-main untuk hal ini, sebab sudah ada beberapa laporan yang masuk. Komisi A akan mengawasi proses penerimaan CPNS ini dan saya pribadi sudah bekerjasama dengan tim independen khususnya teman-teman saya di LSM untuk ikut mengawasinya. Dirinya juga menyoroti adanya perekrutan tenaga kontrak masuk kategori 2 (K2) yang tidak lama lagi akan memasuki tahap untuk mngikuti tes. Sebab ada indikasi bahwa yang terekrut masuk K2 justru mereka yang belum memenuhi syarat, terutama tahun mulai

di Pasar Beriman. Kontainer ini akan digunakan mengangkut sampah milik dari pedagang. “Ini semua untuk mempertahankan piala Adipura sehingga segala sesuatu yang mengenai kebersihan lingkungan akan diperhatikan,” jelasnya. Asisten II Pemkot Tomohon, Ir Ervinz Liuw Msi mengatakan, untuk

mendukung dan mengejar cita-cita pemerintah mempertahankan Adipura peran aktif dan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan, keindahan lingkungan sangat diperlukan. “Bantuan dari masyarakat sangat diperlukan untuk mempertahankan Adipura,” katanya.(gebe)

HUT MINAHASA

Pemkab gelar Minahasa Off Road Adventure 2013 Tondano—Dalam memeriahkan HUT Minahasa ke585, Pemkab Minahasa bekerja sama dengan Pengda International Off Road Federation (IOF) Sulut dan IMI Sulut akan menggelar eksibisi OffRoad yang dirangkaikan dengan penghijauan di sekitar hutan lindung Wawo-na Lengkoan Tondano pada Kamis (31/ 10) esok hingga Sabtu (2/ 11) akhir pekan ini. Wakil Bupati Minahasa yang juga sebagai Ketua Pengda IOF Sulut, Ivan Sarundajang mengatakan, bahwa kegiatan ini digelar sebagai penyaluran minat bakat generasi muda dan masyarakat pencinta dan penggemar olahraga Off Road sekaligus sebagai upaya mendorong pelestarian lingkungan hidup dan memperkenalkan potensi wisata di Minahasa. Menurut IvanSa, event ini merupakan kalender tetap Pengcab IOF Minahasa dengan dukungan penuh dari Pengda IOF Sulut dan IMI Sulut. Sementara itu, Koordinator Seksi Lomba Off Road Panitia Hari Jadi Minahasa ke-585, Indra Purukan SKom MMT mengatakan, bahwa peserta event ini berasal dari berbagai Club Off Road

dari Manado, Bitung, Minut, Tomohon, Minsel, Mitra, Kotamobagu dan tuan rumah Minahasa sendiri. Ditambahkan Kabag Pembangunan Setdakab Minahasa ini, sebagaimana undangan yang telah diedarkan para peserta diharapkan sudah melakukan pendaftaran pada Rabu (30/10) hari ini pada pukul 10.00 wita di Pendopo Lapangan Samrat Tondano yang dilanjutkan pemeriksaan kelengkapan kendaraan (Scruiteneering) serta Technical Meeting pada pukul 17.00 Wita. Sedangkan pada Kamis (31/10) esok pukul 08.00 Wita akan digelar acara pembukaan dan Country Road menuju Gunung Lengkoan. Selanjutnya Jumat (1/11) dan Sabtu (2/ 11) mendatang, para peserta akan menjajal Gunung Batu di depan Taman Makam Pahlawan Sam Ratulangi Tondano. “Dalam event ini akan hadir Richard Mantiri, Donald Rondonuwu, Tony Kumontoy dari Pengda IOF Sulut serta Jimmy Wongkar dan Farly Ndut Sinaulan dari Pengda IMI Sulut bertindak sebagai RC Lomba” tutup Indra yang juga Sekretaris Pengda IOF Sulut.(gebe)

PARIPURNA APBD 2014

PAULUS Sembel.

bekerja sebagai tenaga kontrak. “Ini akan memunculkan masalah kedepan, karena antar sesama tenaga kontrak bisa saling cek satu sama lain. Ini akan terjadi kecemburuan apabila rekrutan itu menyimpang. Untuk itu, BKD Tomohon harus bisa mengatasi masalah ini agar tidak menjadi persoalan besar untuk saya bawa sampai ke Kementerian Aparatur Negara di Jakarta,” jelas Sembel seraya mengingatkan bahwa yang melaksnakan proses dan mekanisme perekrutan ini adalah manusia sehingga unsur subyektifitas bisa mewarnai proses ini. “Kami juga ikut mewaspadai adanya permainan bisnis seperti jatah sudah diperjualbelikan dalam penerimaan CPNS ini,” timpal Sembel.(gebe)

Ramuan Alami...Diolah dari Satu Tumbuhan

AMPUH BERKHASIAT

JAMU GONDOKAN "BENALU BATU"

Menyembuhkan tumor dan kanker berkhasiat pula menyembuhkan penyakit Hosa (sesak nafas). Haid yang terus menerus, Sakit Pinggang, Sakit Kepala, membersihkan nikotin, Sakit Ginjal, Tulang Ngilu-ngilu, Pandangan terganggu, Sakit Maag, Benjolanbenjolan, Badan Sakit, Rasa Capek-capek, Kencing Manis, Reumatik, Membersihkan Akar Tumor sesudah Operasi, Pusing Pandangan Berputar-putar, Menurunkan Darah Tinggi, Eksim, Gondok dan TBC, dan berbagai Penyakit Dalam lainnya.

RAMUAN KHUSUS PRIA "ZINGMAN" Untuk memperpanjang, memperbesar serta mengeraskan tegangan alat Vital/Penis Standart Rp. 70.000,- Istimewa Rp. 140.000,Untuk mengentalkan dan memperbanyak Sperma serta menambah Gairah Sex Perbotol Kapsul Rp. 50.00,Untuk menyembuhkan Penyakit Impotensi/Lemah Syahwat yang tegang sewaktu-waktu, per Tube Rp. 50.000,Untuk mampu lebih lama dalam bersetubuh, Tissu Rp. 25.000/dos dan semacamnya.

PENGURAS WC “Multi Bio Natural” Mencegah dan menguras WC Penuh, Tersumbat, Menghilangkan Bau pada Septic Tank dan Saluran Pipa tanpa disedot.

INFORMASI HP 081356233644, 081340201035 Jl. Lumimuut No. 38 depan Ex Hotel Mayo Manado

Disetujui seluruh fraksi di Dekot Tomohon Tomohon—Pemkot dan Dekot Tomohon, Selasa (29/ 10) kemarin, menggelar rapat Paripurna dalam rangka pemandangan umum fraksifraksi terha-dap Ranperda tentang APBD tahun anggaran 2014 Kota Tomohon yang dipim-pin oleh Ketua Dekot Tomohon Andy R Sengkey SE. Dari paripurna ini, semua fraksi menerima dan menyetujui Ranperda tentang APBD tahun anggaran 2014 untuk dibahas lebih lanjut, baik antara Komisi dengan SKPD terkait, maupun antara Banggar dengan TAPD Kota Tomohon. Walikota Jimmy F Eman SE Ak dalam sambutannya yang disampaikan oleh Sekretaris Kota Tomohon DR Arnold Poli SH Map memberikan apresiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada pimpinan dan segenap anggota dewan yang terhormat atas segala masukan, tanggapan bahkan kritikan dalam rangka penyempurnaan Ranperda tersebut. “Pemerintah Kota Tomohon sangat

menghargai perhatian dan keseriusan Dekot Tomohon dalam melakukan pembahasan terhadap Ranperda tentang APBD Tahun Anggaran 2014,” katanya. Menurut Poli, bahwa yang menjadi tantangan kedepan adalah terletak pada bagaimana kemampuan kita sekalian mengelola APBD ini secara efisien dan efektif. Karena itu tidak hanya ditentukan oleh kemampuan pihak eksekutif, tetapi juga sinergitas dengan pihak legislatif dan segenap komponen lainnya di Kota Tomohon ini, yang ditopang juga oleh adanya fasilitas dan kapabilitas sebagai mitra kerja sehingga pada gilirannya akan memberikan dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan rakyat. “Diharapkan pada APBD 2014 ini, akan mampu memicu pergerakan roda pemerintahan, dinamika pembangunan, dan meningkatkan efektivitas pelayanan terhadap masyarakat secara lebeih berdaya guna dan berhasil guna,” katanya.(gebe)

TELAH HILANG SEBUAH DOKUMEN BERUPA BUKU PEMILIK KENDARAAN BERMOTOR (bpkb) atas nama Nama Pemilik Alamat Type Model Thn Pembuatan Thn Perakitan Warna Nomor Rangka Nomor Mesin Nomor BPKB Hub Tlp

: Drs P Prayitno : Kel Bumi Beringin Link V Manado : Suzuki ST100 : Light Bus : 1987 : 1987 : Merah : SL410-222252 : F10A-ID121148 : 6827281.S : 081356193116


RABU 30 OKTOBER 2013

MENUJU DEPROV SULUT 2014

KDP berbaur dengan nelayan di pelabuhan perikanan

KDP saat membantu para nelayan bongkar muat hasil tangkapan ikan di laut.(foto:servi/sk)

SOSOK yang sederhana yang ditunjukan oleh Kristovorus Deky Palinggi SE (KDP), cukup membuat sebagian nelayan yang ada di pelabuhan perikanan terpukau. Dimana, dalam kesempatan tersebut, KDP membaur dengan nelayan, bahkan membantu para nelayan membongkar ikan hasil tangkapan. Arter Mononimbar nelayan asal Ranoyapo, kepada sejumlam wartawan mengatakan, bahwa dirinya sangat terkejut dengan apa yang dilakukan oleh suami dari Bupati Minsel. Dimana, saat pihaknya memulai aktivitas, tiba-tiba datang dan membantu dirinya dan temanteman lainnya. “Memang baru kali ini kami lihat sosok Pak KDP yang berbaur dengan kami masyarakat nelayan. Ini yang kami dambahkan seorang wakil rakyat yang begitu merakyat bersama kami. Dan sejujurnya baru KDP yang bisa kami harapkan meneruskan aspirasi kami sebagai nelayan di tingkat Provinsi,” tukasnya. Sementara itu, KDP—sapaan akrab Palinggi mengatakan, bahwa aktivitas masyarakat harus diketahui pihaknya. Sebab sebagai calon wakil rakyat harus mampu menyerap aspirasi dari warga. “Yakin dan percaya Tuhan baik, dan kehadiran saya hanya, ingin melihat langsung bagaimana kegiatan masyarakat. Yang pasti apa yang disampaikan para nelayan akan kami berusaha untuk perjuangkan,” ungkapnya.(esem)

UTU-KEKE 2013

Waktu pendaftaran diperpanjang KESERIUSAN Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Minahasa Utara (Minut), dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Minut dengan mengisi berbagai acara, salah satunya pemilihan UtuKeke 2013, kini pendaftarannya diperpanjang hingga 6 November FEMMY Pangkerego . 2013.Hal itu dikatakan Kepala Disbudpar Minut Dra Femmy Pangkerego MPd, Rabu (29/10) kemarin, perpanjangan dilakukan karena melihat masih peluang yang mendaftar bakal bertambah. “Bisa jadi ada dari mereka yang baru mendapatkan informasi diakhir-akhir penutupan pada tanggal 29 Oktober (kemarin,red), nah disini kita masih memberikan kesempatan kepada mereka, dengan menambah perpanjangan waktu pendaftaran,” terang Pangkerego. Ditambahkan Pangkerego, usai pendaftaran terakhir nanti maka secara otomatis akan ditutup, dan selanjutnya akan melangkah ke tahap berikutnya. “Ada beberapa tahap yang harus dilalui para calon finalis Utu-Keke nantinya, tentunya salah satu tinggi badan. Ini merupakan salah satu syarat yang berada pada poin pertama,” tutur Pangkerego, sembari mengatakan untuk kegiatan karantina para finalis nantinya akan dilakukan di Desa Tarabitan Kecamatan Likupang Barat (Likbar).(eres)

Minselutra Minsel, Minut, Mitra

SURAT KABAR HARIAN

13

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

Uang jasa dipertanyakan perawat RSUP Ratatotok Ratulangi : Untuk proses pembayaran harus mendapat persetujuan Kementrian Keuangan Ratahan—Sejumlah perawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Ratatotok, Minahasa Tenggara (Mitra), akhirnya angkat bicara soal kepastian pembayaran uang jasa Jamkesmas, Jampersal dan Umum. Pasalnya, sudah setahun lebih belum direalisasikan. Hal ini diungkapkan perwakilan dari 50-an perawat kepa-

da wartawan, Selasa (29/10) kemarin. Mereka meminta pihak rumah sakit untuk transparan soal uang jasa tersebut, karena sesuai informasi diduga dana tersebut sudah lama ada, namun sengaja ditahan para atasan. “Informasinya, dana itu sudah lama ada, namun diduga sudah dipakai terlebih dahulu oleh para atasan. Kalau memang

demikian kami minta ada kejelasan, kalau belum ada yah disampaikan, dan kalau memang sudah ada mana uangnya dan kenapa belum dibayarkan,” tandas sejumlah perawat yang meminta namanya tidak dikorankan. Lebih lanjut, para perawat tersebut juga mempertanyakan alasan pihak rumah sakit yang hingga kini belum

membayar uang Lauk Pauk (LP) selama empat bulan. “Bayangkan kami (PNS, red) ingin pinjam uang di bank, direktur tak mau tandatangani, padahal keperluan sudah sangat mendesak,” ungkap mereka. Ditambahkan mereka, untuk pegawai structural selalu ada proses pencairan, namun khusus pegawai yang bertugas di bagian pelayanan, ada kesan selalu terus diabaikan alias dianak tirikan. “Paling tidak ada kepastian kapan akan direalisasikan. Termasuk memberikan kemudahan

TENAGA HONOR

Kelebihan, bisa menjadi temuan BPK RI Airmadidi—Adanya penambahan tenaga honor bantuan di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut), diduga telah melewati standard penerimaan honor yang ditetapkan. Hal ini menjadi perhatian sebagian warga, yang merasa ada ketidakberesan dalam pemasukan tenaga honor tersebut. Salah satu warga Desa Laikit Kecamatan Dimembe yang meminta namanya diinisialkan RT mengatakan, untuk tiap instansi kebutuhan akan tenaga honor berbeda-beda. “Yang saya ketahui, untuk tenaga honor disalah satu dinas paling sedikit lima orang, namun kenyataannya yang terjadi disalah satu dinas malah kelebihan hingga mencapai 10 sampai 20 honor bekerja ditempat tersebut, ini bisa menjadi salah satu temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Sulut, dimana biaya belanja pegawai tentu meningkat dengan adanya kelebihan honor ini, karena tidak diikuti dengan ketersediaan anggaran. Dan ini bisa saja akan menimbulkan konflik seperti keterlambatan membayar intensif,” terang RT, Rabu (29/10) kemarin. Ditambahkan RT, bayangkan saja jika dengan kelebihan honor, kita sudah bisa ketahui, apakah mereka ada

PENAMBAHAN tenaga honor yang berlebihan, sebaiknya menjadi perhatian pemerintah daerah. Karena ditakutkan akan menjadi kerugian tersendiri, terutama mengingat adanya surat edaran dari Mendagri.(foto: boyz/sk)

job dalam dinas tersebut, atau hanya sebagai pajangan. “Bukan rahasia lagi, sedangkan untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) saja, terkadang terlihat disuatu dinas, tidak melakukan apa-apa. Bagaimana dengan junior mereka (honor,red). Walau hanya orang awam, tapi saya juga tahu soal adanya surat edaran

dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 814.1/169/ SJ tanggal 10 Januari 2013 tentang larangan pengangkatan tenaga honorer,” jelas RT, sembari meminta Pemkab Minut melalui instansi yang mempunyai kewenangan dalam hal ini dapat memperhatikan, karena jangan sampai menjadi

masalah dikemudian hari. Sementara itu, Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Minut Drs JA Rumambi, yang juga merupakan Ketua Badan Pertimbangan Jabatan dan Pangkat (Baperjakat), belum memberikan komentar hingga berita ini diturunkan, usai di SMS di nomor ponsel 0812449XXXXX.(eres)

HONDA K2

Soal dijaga ketat, pengawas dari BKN dan BKD Provinsi Amurang—Tak lama lagi Honor Daerah (Honda) Kategori 2 akan segera masuk ke tahap seleksi pada bulan November 2013 akan datang. Dimana, dalam seleksi Honda K2 ini, terkait soalnya dijaga ketat oleh pihak kepolisian, bahkan untuk pengawas diutus dari BKN dan BKD Provinsi Sulut. Plt Kaban BKDD Minsel Drs Roy Tiwa yang dihubungi melalui telepon genggannya, Selasa (29/10) kemarin, kepada koran ini mengatakan, pihaknya sudah me-

mastikan kalau dalam pekan ini akan segera menggelas test kepada 646 peserta yang akan ikut dalam CPNS. Sebab soal yang akan digunakan untuk test CPNS sudah dikirim oleh badan kepegawaian nasional (BKN) pusat dan sudah akan dijemput. “Ya hari ini kami sudah akan menjemput naskah soal di Polda Sulut, dan selanjutnya naskah tersebut akan kami titip di Polres Minsel, karena untuk hari pelaksanaanya nanti hari Minggu (3/11) mendatang, ujar Tiwa.

Ditambahkannya, untuk soal test dijaga ketat oleh pihak Kepolisian, bahkan untuk para pengawas diutus dari BKN dan BKD Provinsi Sulut. Dan untuk lokasi ujian bertempat di SMK 1 Amurang. “Soal ujian dikawal oleh Polisi dari Polda Sulut sampai di Polres Minsel sebelum hari pelaksana, dan untuk para pengawas dari BKN dan BKD Provinsi Sulut. Untuk proses seleksi akan berlangsung secara profesional dan transparan,” tukasnya.(try28/esem)

TENGAH

Pasulatan terima sprin bupati, jabat Kepala Inspektorat Mitra Ratahan—Melalui Surat Perintah (Sprint) Bupati Mitra James Sumendap SH, yang diserahkan langsung, Selasa (29/10) kemarin, Stanley Pasulatan SE MSi, resmi menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Inspektorat Mitra, menggantikan Drs Jonas Kalumata SH. Terkait pergantian pejabat ini, ketika dikonfirmasikan kepada Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat (BKDD) Kabupaten Mitra Phebe Punuindoong SH, menjelaskan meskipun menjadi Plt Inspektorat Mitra, Pasulatan tetap menjabat sebagai Sekretaris Dewan (Sekwan) Kabupaten Mitra. “Sementara, mantan kepala Inspektorat akan bertugas sebagai fungsional di Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Mitra,” ujarnya. Sementarab itu, Pasulatan, ketika dimintai

BUPATI Mitra James Sumendap SH, menyerahkan surat perintah tugas kepada Stanley Pasulatan SE MSi sebagai Plt Kepala Inspektorat.(foto:ist)

tanggapannya mengatakan, apa yang dipercayakan bupati kepadanya, akan dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab. “Terima kasih kepada bupati yang telah mempercayakannya atas jabatan tersebut, dan meskipun saya memegang dua jabatan, pastinya tugas dari dua jabatan tersebut,

akan saya laksanakan dengan penuh tanggung jawab,” kata Pasulatan, sembari menambahkan, dengan kepercayaan telah diberikan oleh bupati ini, dirinya akan memberikan yang terbaik untuk masyarakat Mitra dan demi kemajuan daerah kedepan.(esel)

kepada pegawai yang hendak melakukan pinjam di bank,” harap mereka. Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) RSUP Ratatotok Dr Vally Ratulangi, saat dikonfirmasi hal ini, mengatakan uang jasa medis sementara berproses. Dan dikatakannya intinya uang tersebut tidak berada di bendahara RS. “Uang itu ada di kas negera. Untuk proses pembayaran harus mendapat persetujuan Kementrian Keuangan, dan prosesnya panjang,” kata Ratulangi.

Untuk dana laut pauk, lanjutnya, proses pembayaran setiap tiga bulan, dan dalam waktu dekat akan segera dibayarkan melelui rekening penerima. Dengan alasan keterlambatan dikarenakan masalah absensi, sehingga mempengaruhi proses pengusulan pembayaran ke KPPN. “Sedangkan untuk masalah pinjaman di bank, tentu kalau tidak ditandatangani, itu karena ada persyaratan yang tidak dipenuhi. Pastinya kalau memenuhi syarat akan disposisi,” ujar Ratulangi.(esel)

PENYEDIA JASA TELEPON

Asisten I minta kualitas layanan diperhatikan Airmadidi—Kesulitan masyarakat dalam mengakses atau mendapatkan pelayanan melalui internet dan telepon selular, menjadi perhatian Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Ir Ronny Siwi. Dimana dikatakan Siwi, semakin lama area kawasan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) sangat memprihatinkan, terutama soal percakapan komunikasi antar masyarakat dan pejabat Minut melalui telepon selular, sehingga terkadang menjadi salah satu penghambat kegiatankegiatan pelayanan. Untuk itu, Pemkab Minut meminta kepada sejumlah perusahaan penyedia jasa telepon selular, agar memperbaiki kualitas layanan mereka diseputaran Pemkab Minut. “Karena selama ini, sangat sulit melakukan komunikasi terutama bagi masyarakat yang ingin

RONNY Siwi.

melakukan dengan pemerintah Minut dan Pegawai Negeri Sipil (PNS),” terang Siwi. Ditambahkan Siwi, sesuai dengan kebijakan bupati bahwa masyarakat dapat berkomunikasi langsung, tapi kenyataannya ini tidak terjadi di Minut. Akibatnya saling tumpah tindih koordinasi antara masyarakat dan pemerintah. “Kami sangat berharap, agar ada penambahan pemancar signal ataupun membuat tower BTS didekat lokasi perkantoran Pemkab Minut,” tutur Siwi.(eres)

KEROHANIAN

Tetty persembahkan Minsel bersyukur dan bermazmur Amurang—Guna terwujudnya Minsel menjadi kota religius, berbagai kegiatan kerohanian terus saja dilakukan oleh Pemkab Minsel. Hal itu di buktikan dimana pada Rabu (30/10) hari ini, Pemkab Minsel akan menggelar kebaktian kebangunan rohani (KKR) yang akan di gelar di pondok Teguh Bersinar Amurang Kelurahan Uwuran Satu Kecamatan Amurang. Bupati Minsel Christiany ‘Tetty’ Paruntu SE melalui Kabag Humas dan Protokoler Minsel Sonny Makaenas SSTP melalui telepon selulernya Selasa (29/10) kemarin, kepada harian ini mengatakan, dalam mensyukuri semua berkat yang diberikan Tuhan Yesus Kristus untuk Kabupaten Minsel, sehingga Pemkab Minsel akan menggelar KKR Minsel Bersyukur dan Minsel Bermazmur yang akan dipimpin oleh Pdt Gilbert Lumoindong. “Hajatan rohani ini adalah program Ibu Bupati Christiany ‘Tetty’ Paruntu SE. Dan semua warga diundang untuk hadir dalam KKR. Dan KKR akan dimulai jam 10.00. Oleh sebab itu

TETTY Paruntu.

sangat diharapkan kehadiran dari warga Minsel untuk bersamasama mensyukuri semua berkat yang Tuhan Yesus Kristus sudah berikan untuk Kabupaten Minsel,” ujar Makaenas. Ditambahkannya, bahwa kegiatan ini merupakan program rutin dari Bupati Minsel yang dilaksanakan setiap triwulan. Dan kali ini difokuskan di Aula Teguh Bersinar Amurang. “Santapan rohani sangat penting, apa lagi dalam perjalanan kehidupan kita selama ini. Untuk itu dirinya mengajak agar seluruh warga Minsel untuk hadir dalam KKR t e r s e b u t , ” tukasnya.(try28/esem)


RABU 30 OKTOBER 2013

Wabup hadiri peresmian dan penthabisan pastori Bumbiha MESKI disibukkan dengan berbagai kegiatan pemerintahan baik didalam daerah maupun luar daerah, namun Wakil Bupati (Wabup) Sitaro Siska Salindeho tetap menyempatkan diri untuk menghadiri berbagai kegiatan kerohanian. Dimana Selasa (29/10) kemarin, wabup berkesempatan menghadiri peresmian dan penthabisan Pastori Aula Jemaat GMIST Baitesda Bumbiha. Kegiatan yang diawali dengan ibadah tersebut dipimpin oleh Ketua Umum Sinode GMIST Pdt W B Salindeho STh, dan dihadiri sejumlah pimpinan Sinodal GMIST, pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), camat, kapitalau, warga jemaat yang juga warga masyarakat setempat. Dalam sambutannya, wabup memberikan apresiasi kepada pengurus dan warga jemaat diwilayah tersebut yang telah berupaya membangun gedung pastori dan aula sebagai sarana penunjang dalam kegiatan pelayanan dijemaat tersebut. “Pemerintah berharap dengan diresmikan dan ditabhisnya pastori dan aula ini, pelayanan diwilayah ini akan berkembang dan senantiasa diberkati,” harap wabup. Selain itu, wabup juga sangat berharap peran serta warga jemaat dalam kegiatan pembangunan di daerah, sebab secara tidak langsung warga jemaat juga merupakan warga masyarakat di Kabupaten Sitaro, sehingga dukungan dari warga jemaat sangat diharapkan. “Tentunya kemitraan antara pemerintah dan gereja terutama masyarakat tetap terjaga sehingga tercipta sebuah komunikasi yang harmonis terutama dalam pembangunan di bidang kerohanian,” ujarnya.(esge/brik-k)

Disparbud lepas utusan Talaud ke Pesparawi

Satalrobit

Sangihe, Talaud, Sitaro, Bitung

BERTEMPAT di Kantor Kepolisian Resor Talaud, pakta integritas wilayah bebas korupsi Kabupaten Talaud ditandatangani oleh sejumlah perwakilan mulai dari Kapolres Talaud AKBP Budi Medianto, Ketua Dekab Engelbertus Tatibi, LP3NKRI oleh Jouce Adam mewakili LSM dan Alesandro Revo dari perwakilan media, disaksikan oleh Bupati Kabupaten Talaud Drs Constantine Ganggali ME. Pakta integritas itu sendiri merupakan wujud tekad untuk memberantas tindak pidana korupsi yang kian hari kian menggurita di negeri ini. Dalam sambutannya, Kapolres menyampaikan penandatanganan pakta integritas ini bukan hanya sekedar wacana melainkan semangat, tekad dan komitmen seluruh anak bangsa untuk memberantas korupsi. “Dengan penandatangan ini kita semua berkomitmen yang sama untuk melakukan perubahan dan pembaruan ke arah yang lebih baik bagi bangsa ini,” tegas Medianto. Alesandro Revo yang mewakili insan pers menyatakan bahwa tekad pihak kepolisian untuk melakukan pemberantasan korupsi wajib diberikan dukungan yang sepenuhnya oleh seluruh elemen bangsa demi menjamin masa depan Indonesia yang lebih baik.(try27)

Sondakh tutup Diklat Pim III SETELAH digelar sekitar tiga bulan, akhirnya Selasa (29/10) kemarin pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklat Pim) Tingkat III oleh Pemkot Bitung yang digelar bersama Badan Diklat Sulut secara resmi ditutup Walikota Bitung Hanny Sondakh. Kegiatan yang dilaksanakan di ruang sidang lantai 4 kantor Walikota Bitung, juga turut dihadiri Wakil Walikota Bitung MJ Lomban bersama Sekkot Bitung Drs Edison Humiang MSi, serta Kepala Badan Diklat Sulut Dr Fredrik Rotinsulu. “Teruslah mengembangkan diri dan dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keahlian yang telah diperoleh. Tampilkan kinerja yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam pelayanan bagi masyarakat Kota Bitung,” ujar Sondakh dalam sambutannya. Disisi lain Kepala Badan Diklat Sulut Dr Fredrik Rotinsulu mengatakan, sebagai aparatur perlu terus meningkatkan pengetahuan, keahlian keterampilan dan harus memiliki sikap, serta menjalankan tugas dengan profesional yang dilandasi kepribadian dan etika.(wepe/brik-k)

Berpikir dan Berbuat

14

Walikota Bitung gerah ulah sejumlah kontraktor Gapensi minta Pemkot jangan tinggalkan perusahaan lokal Bitung—Walikota Bitung Hanny Sondakh dibuat gerah dengan ulah sejumlah kontraktor yang ada. Pasalnya pada pelaksanaan pertemuan, yang digelar Selasa kemarin, sejumlah kontraktor justru datang terlambat dalam pertemuan. “Dalam hajatan ini undangan menyebutkan jam 14.00 wita sudah dimulai, namun harus molor hingga 30 menit ke depan,” jelas Sondakh. Dirinya sangat menyesal-

kan tindakan dari para kontraktor yang tidak tepat waktu itu. “Sebagai pembina dari para kontraktor, maka kami pemerintah harus melakukan kajian akan waktu hadir dari para kontraktor ini,” jelas Sondakh. Bukan hanya itu saja, Sondakh menjelaskan jika hanya beberapa Kontraktor yang paham akan aturan bukan tidak mungkin para kontraktor yang hadir ini menjadi prioritas. “Penjelasan dalam pertemuan ini

sangat penting agar kedepan para kontraktor pahan dengan pengurusan administrasi dan jangan proyek tersendat karena administrasi yang amburadul,” jawab Sondakh. Ketua Gapensi Kota Bitung Jecky Tumoka saat dikonfirmasi mengatakan jika memang ada sebagian kontraktor yang tidak mengetahui undangan tersebut. “Kami tidak diundang secara resmi namun hanya di SMS, tapi sebagai kontraktor tentunya kami harus mencari tau aturanaturan baru sehingg kami datang kemari,” kata Tomuka seraya meminta

maaf keterlambatan para koleha-kolehanya itu. Namun dirinya meminta agar pemkot Bitung dalam pelaksanaan tender dapat melihat pengusahapengusaha lokal yang tidak diakomodir dalam proses tender. “Jika memang ada perusahaan lokal yang tidak diakomodir dalam proses tender mohon sebagai pembina sekiranya mereka mendapatkan proyek penunjukan langsung,” jelas Tumuka seraya mengatakan agar pihak pemerintah juga lebih mementingkan kontraktor yang mempunyai perusahaan.(wepe/mm)

LAHAR DINGIN

Lagi, akses Ulu-Ondong tertutup material banjir

ROMBONGAN Tim Gereja Musafir Mala yang menjadi wakil Kabupaten Talaud dalam Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) antar denominasi gereja Provinsi Sulut yang akan dihelat tanggal 31 Oktober-2 November 2013 di Manado, Selasa (29/10) kemarin dilepas HASAN Takalondokang. oleh Bupati Talaud yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Isak Tamaroba. Dalam sambutannya, Tamaroba memintakan agar Tim Pesparawi Talaud bisa memberikan penampilan yang terbaik untuk mengharumkan nama daerah. “Berikan yang terbaik untuk nama Talaud,” pinta Tamaroba. Sejalan dengan Tamaroba, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Talaud Hasan Takalondokang menjelaskan bahwa keikutsertaan Tim Pesparawi Gereja Musafir Mala adalah kerjasama Kemenag Kabupaten Talaud dengan Pemkab Talaud. “Ini juga adalah bagian dari tanggung jawab pembinaan yang diemban oleh Kementerian Agama Talaud,” tutur Takalondokang.(try27/brik-s)

Pakta integritas Talaud ditandatangani

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA

WALIKOTA Bitung Hanny Sondakh.

ASPIRASI PEMUDA

Sondakh beri sinyal bentuk SKPD pemuda dan olahraga Bitung—Keinginan sejumlah barisan muda Kota Bitung yang ditelorkan dalam acara Hut Sumpah Pemuda belum lama ini, akhirnya diespon positif oleh Walikota Bitung Hanny Sondakh dan Sekretaris Kota Drs Edison Humiang, terkait dengan pembentukan SKPD Pemuda dan olah raga. “Selama itu bagus saya harus mendukungnya,” jelas Sondakh. Namun, demikian Sondakh mengemukakan kalau pihaknya masih harus membahas persoalan tersebut dengan sekretaris kota Bitung. “Nanti akan dibahas dengan sekkot sebab bagaimanapun ada aturan mengenai Organisasi perangkat daerah,” kata Sondakh. Sementara itu ditempat

berbeda, Sekretaris Kota Bitung Drs Edison Humiang saat dikonfirmasi menjelaskan jika pihaknya sangat menyetujui usulan kaum muda itu. “Usulan itu sangat baik dan tentunya akan direspons tapi kita masih harus melihat aturan PP no 41 tahun 2007 tentang OPD karena Bitung mengunakan pola maksimal dengan 18 Dinas, 13 Badan, 1 Kantor dan 3 Asisten sehingga hal ini sulit,” kata Humiang. Namun dirinya mengatakan kalau saat ini sementara dibahas aturan penganti PP 41 mengenai OPD “Semoga ada celah di aturan baru sehingga kota Bitung bisa menambahnya dengan SKPD Pemuda dan Olahraga,” kata Humiang.(wepe)

PARIPURNA

Dekot Bitung tetapkan program legislasi daerah HUJAN deras beberapa hari terakhir mengakibatkan terjadinya lahar dingin membuat akses Ulu-Ondong kembali tertutup lumpur.(foto:stenly/sk)

Ulu Siau—Hujan deras yang diserta angin kencang beberapa hari terakhir berimbas pada turunnya lahar dingin dari puncak Gapi Karangetang yang menutupi akses jalan Uluondong, tepatnya di Jembatan Kali Batuawang Kelurahan bebali Kecamatan Siau Timur. Setidaknya material berupa pasair dan batu nyaris menutup keseluruhan badan jalan dimaksud. Dari penuturan warga setempat kejadian terjadi sekitar pukul 04.00 wita, dan memang lokasi tersebut sudah menjadi lahan galian C dan sangat rawan terjadi bencana lahar dingin sehingga warga tidak

diperkenankan bermukim dilokasi tersebut. “Sudah tidak ada warga ditempat ini, kami juga takut kalau tinggal disini karena selain bahaya lahar dingin, juga bahaya awan panas,” ungkap sejumlah warga yang ada. Dari pantauan harian ini, nampak tiga unit eksavator dikerakkan untuk mengangkat material pasir dan batu yang bercampur lumpur bahkan sejumlah kendaraan truk langsung melakukan pengangkutan pasir. “Alat berat ini sudah disiagakan untuk mengangkat pasir dan batu, mudah-mudahan sudah kembali lancar,” tutur warga. Sementara itu, pemerintah

daerah melalui plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sitaro, Herry Lano SE MM memastikan pemrintah daerah siap siaga dalam melakukan antisipasi terkait dengan bahaya bencana. “Jadi sebelum kejadian lahar dingin ini, pemerintah daerah telah melaksanakan simulasi bencana dengan melibatkan masyarakat langsung. Selain itu koordinasi semua pihak terkait senantiasa dilakukan agar hal-hal yang tidak dinginkan dapat terhindarkan,” kata Lano. Secara terpisah, Bupati Toni Supit SE MM melalui Kepala Bagian Humas, Protokuler dan Persandian

Setda Sitaro, James Marthin SPd menuturkan, dimana pimpinan daerah berharap agar warga masyarakat senantiasa waspada dan menyikapi sedini mungkin kondisi cuaca akhir-akhir ini. “Saat ini hujan deras yang disertai angin kencang, tentunya semua aktifitas tetap m e n i n g k a t k a n kewaspadaan baik yang beraktifitas dikebun, dilaut dan dimana saja tetap berhati-hati. Tentunya koordinasi setiap instansi dan pemerintah kampung serta kecamatan sangat diharapkan guna m e n i n g k a t k a n kesiapsiagaan bencana,” tuturnya.(esge)

Bitung—Paripurna Dekot Kota Bitung dalam rangka penetapan program legislasi, dihadiri Walikota Bitung Hany Sondakh. Pantauan Swara Kita, paripurna dipimpin oleh Ketua Dekot Santy Gerald Luntungan didampingi oleh Wakil Dewan Ir Maurits Mantiri dan Beby Palar di gedung Dekot Bitung (28/10). Walikota dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam rangka pembentukan Peraturan Daerah (Perda) yang dilaksanakan secara terarah, terkoordinasi. terpadu dan sistematis dengan mempertimbangkan dan memperhatikan kebutuhan. “Skala prioritas dan kewenangan Daerah serta tetap berada dalam kesatuan sistem hukum nasional, maka perencanaan penyusunan Peraturan daerah dilakukan

dalam satuan program legislasi daerah,” katanya Dilanjutkan Sondakh, kalau penetapan program Legislasi Daerah merupakan amanat Undang-Undang Nomor 12 tahun 2011 tentang pembentukan peraturan perundang-undangan dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 53 tahun 2011 tentang pembentukan produk hukum daerah yang menyatakan bahwa Penyusunan program legislasi daerah antara pemerintah daerah dan dewan dikoordinasikan oleh Dekot melalui Badan legislasi daerah (Balegda). “Dari Balegda inilah kemudian disepakati menjadi program Legislasi Daerah dan ditetapkan dalam Rapat Paripurna Dekot dengan menghasilkan keputusan dewan,” kata Sondakh.(wepe)

Air Terjun di Gunung Tamata masih misteri Catatan: Stenly Gaghunting Biro Sitaro MENEROBOS hutan rimba dan semak belukar dan mengintari tebing yang curam bukan menjadi halangan bagi Tim Jelajah Swara Kita Biro Sitaro yang ikut didukung Tim Komunitas Pencinta Alam Sitaro (Kompa’s) saat melakukan pendakian Puncak Gunung Tamata, dengan harapan bisa melihat secara langsung Air Terjun dan berbagai keunikan satwa serta tumbuh-tumbuhan langka yang oleh cerita orang tua benar-benar ada di puncak gunung tertinggi kedua setelah Gunung Api (Gapi) Karangetang di Sitaro itu. Dengan menempuh jarak sekitar 11 kilometer dengan waktu hampir tiga jam, sangat menguras tenaga bahkan kondisi pegunungan yang memiliki medan berat

sehingga tidak semua masyarakat yang bisa turun naik pegunungan ini. Namun kelelahan selama melakukan pendakian dari Kampung Lai Kecamatan Siau Tengah (Siteng) yang dianggap rute paling dengan dan aman akan terbayarkan setelah para pendaki mencapai puncak bak awan disapu badai hilang sekejap. Cerita rakyat pun diangkat, menurut Opo Pogi salah satu pemandu jalan yang juga masyarakat setempat dimana udara Puncak Tamata diyakini dapat menghilang segala kepenatan dan kelelahan bahkan rasa stress. Percaya atau tidak, hal tersebut dirasakan ke 23 pendaki yang ikut dalam kegiatan pendakian itu. Dan kejadian menarik sedikit demi sedikit mulai terlihat dan dirasakan para pendaki, setelah semalam suntuk tidur para tim tidak satupun merasakan gigitan

nyamuk, sebab diyakini juga ada tumbuhan penangkap serangga atau Kantung Semar atau dengan istilah ilmiahnya Genus Nepenthes, yang terhitung dalam familia monopotik terdiri dari 130 spesies bahkan belum terhitung hibrida alami ataupun buatan, dimana tumbuhan ini tumbuh subur di puncak ini. Masih dengan rasa penasaran akan adanya air terjun masih bergejolak didalam hati Tim pendaki, setelah tepat pada pukul 06.30 wita sejumlah tim sekitar 8 (delapan) orang menuju kebagian barat puncak sekitar 100 meter kelokasi yang dianggap memiliki air terjun bahkan keindahan alam yang dipenuhi dengan satwa langka serta pepohonan unik dan langka. Hampir 2 jam perjalan mengintari hutan belukar ternyata lapangan yang juga dipercaya rakyat Siau

memiliki Pohon Jeruk dengan daya tahan hingga 6 bulan bahkan menyimpan aroma yang dapat memenuhi seisi rumah itu, tidak kunjung bisa dilihat. Parahnya lagi, harapan untuk menimbah air dari air terjun dan air dalam bambu penyimpan air menjadi sirna. Kekuatiran dan rasa kekecewaan sejumlah pendaki mulai bertambah setelah hampir semua tim diturunkan untuk mencari lokasi tersebut namun upaya itu tetap tidak membuahkan hasil. Lokasi yang paling diharapkan setiap pendaki untuk dapat melihat air terjun sirna, dan “masih” menyimpan misteri setelah Tim kembali ke puncak dan melihat pohon bambu dan lapangan dari atas puncak itu benar-benar ada dan itu terlihat dari puncak, tapi setelah kembali lagi lokasi itu hilang dan yang ada hanya hutan belukar.

KANTUNG Semar atau bunga penangkap serangga dengan banyak jenis memenuhi puncak Tamata termasuk anggrek hitam.(foto: stenly/sk)

Apakah ini misteri yang masih tersimpan ataukah hanya mitos?. “Kita seharusnya tidak boleh ribut dan berkelakar yang bukanbukan, dan tidak boleh keheran-heranan melihat puncak, sehingga air terjun dan lapangan tidak terlihat.” ungkap salah satu pemandu. Meskipun begitu, kenikmatan merasakan kesejuhkan udara segar dan keindahan alam dapat

memuaskan para pendaki serta ratusan jenis bunga seperti anggrek dengan jenisjenisnya termasuk anggrek hitam, dan juga Kantung Semar dengan jenisnya, bahkan ratusan jenis bunga yang berjejaran memenuhi pepohonan dilapisi lumut setebal 5 centimeter. Inilah sepenggal kisah petualangan di Puncak Tamata dengan begitu banyak misteri.(**)


RABU 30 OKTOBER 2013

HONDA K2

Dipastikan 240 lulus berkas KABAR baik bagi para Honorer Daerah (Honda) Ketegori Dua (K2) di jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong). Pasalnya, dimana kurang lebih sebanyak 204 Honda Ketegori Dua (K2), di jajaran Pemkab Bolmong, telah dinyatakan lulus berkas. SUNGE Paputungan. Hal ini, disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Bolmong, Hi Sunge Paputungan BSc, bahwa 240 orang yang masuk dalam K2 dipersilahkan mengambil nomor ujian yang di buka sejak Senin (28/10) dan BKD berinisyatif melakukan pelayanan pengambilan nomor ujian di hari libur yakni Sabtu (2/11). “Honda K2 sebanyak 240 orang. Untuk jalur umum, sudah selesai, dan saat ini, tinggal honor K2, dan hingga hari Jumat pengambilan nomor ujian dibuka bahkan jika dimungkinkan hari Sabtu BKD, akan tetap melayani pengambilan nomor ujian,” kata Sunge, Selasa (30/10) saat ditemui diruangan kerjanya.. Sunge pun memastikan ujian CPNS baik jalur umum maupun honor, akan dilakukan secara bersamaan pada, Minggu (3/11) pekan ini. Serta pelaksanaan masih tetap dilaksanakan sesuai jadwal yang ada. Dengan menjamin naskah soal CPNS tak akan bocor ke peserta ujian sebelum pelaksanaan. “Tidak ada penundaan. Tetap akan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 3 November. Soal keamanan naskah, kami telah bekerjasama dengan pihak kepolisian,” tegas Sunge.(try26)

PERUMAHAN

Landjar: PNS asal luar daerah harus menetap di Boltim BUPATI Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Landjar, menegaskan kepada Pegawai Sipil (PNS) Boltim, yang berasal dari luar daerah harus menetap dan tinggal di Boltim. Menurut Landjar, karena pemerintah telah menyiapkan perumahan bagi PNS, sebanyak 400 unit perumahan di Desa Paret Kecamatan Kotabunan, dan saat ini sudah dalam tahapan pembangunan, maka untuk tahun depan tidak ada lagi PNS yang pulang-pulang. “Tahun depan pembangunan perumahan PNS sudah selesai. Jadi kepada PNS Boltim yang dari luar daerah, harus dan wajib mengambil satu unit rumah, tidak ada asalan apapun. Karena Boltim adalah tempat kalian (PNS,red) bekerja, bukan untuk mencari duit,” tegas Landjar, Selasa (29/10) kemarin. Lanjut Landjar, selain PNS, karyawan swasta juga bisa menempati perumahan yang disediakan oleh Pemkab Boltim. Seperti pegawai bank, pegawai perusahaan dan yang lainnya. “Perumahan tersebut, tidak terbatas. Siapa saja yang ingin menempatinya silakan. Dengan begitu maka perekonomian di Boltim akan semakin meningkat, dengan adanya penduduk yang semakin banyak,” ujar Landjar.(try25)

SOAL UJIAN CPNS

Panitia titipkan naskah di Polda Sulut GUNA mencegah terjadinya kebocoran soal, Panitia perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Boltim, menitipkan naskah soal ujian CPNS ke kepolisian Polda Sulut. Hal ini dikatakan oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Boltim, Drs Darwis Lasabuda, Selasa (29/10) kemarin. Lasabuda mengatakan, naskah soal ujian CPNS Boltim sudah dijemput oleh panitia di Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) sejak beberapa hari lalu. Dan untuk mencegah terjadinya kebocoran soal, maka pantia telah menitipkan soal tersebut ke Polda Sulut, sambil menunggu jadwal ujian yang akan dilaksanakan pada tanggal 3 November yang tinggal empat hari ini. “Naskah tersebut akan diambil lagi oleh pantia pada H-3, yakni Kamis (31/10) esok,” kata Lasabuda. Lanjut mantan Kaban Kesbangpol Boltim ini, untuk tempat ujian, panitia telah menyediakan 20 lebih sekolah, mulai dari Desa Buyat Kecamatan Kotabunan sampai Desa Togid Kecamatan Tutuyan. Untuk satu ruangan akan diisi oleh 20 peserta. “Panitia jamin tidak akan mengecewakan peserta ujian. Karena untuk pengisian soal, pantia tidak hanya menyediakan kursi saja, tapi sekaligus dengan meja, supaya tidak seperti yang lalu-lalu,” katanya.(try25)

Totabuan

Bolmong, Kotamobagu, Bolmut, Boltim, Bolsel

SURAT KABAR HARIAN

15

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

Kantor Dishubkominfo tutup saat jam kerja Tidak ada satupun pegawai yang lakukan pelayanan ke warga Boltim Tu t u y a n —S e j u m l a h masyarakat Bolaang Mongondow Timur (Boltim), menyayangkan kinerja dari Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Boltim. Pasalnya, disaat jam kerja sedang berlangsung, kantor tersebut malah tutup, satupun pegawai baik Kepala Dinas (Kadis) maupun staf PNS, tidak berada didalam kantor. Menurut salah satu warga Modayag Sukri Mamonto,

pihaknya mengaku kecewa ketika mendatangi kantor tersebut, tidak ada satupun pegawai, dan yang anehnya kantor itu malah ditutup. “Aneh masih jam kerja, kantor ditutup, atau mungkin kantornya sudah pindah,” ungkap Mamonto, kepada Wartawan, Selasa (29/10) kemarin. Hal yang sama juga, dikatakan oleh Tokoh Masyarakat Boltim Ismail Mokodompit, dirinya juga menyayangkan hal tersebut. Kalau pun ada acara pemerintahan, harusnya

tinggalkan beberapa staf dikantor, jangan dibawah semua. “Akibat ditutupnya kantor tersebut, warga yang akan ada keperluan penting, yakni mengurus izin angkutan dan Kir kendaraan, terpaksa pulang karena kantor ditutup,” ujar Mokodompit. Menanggapi hal tersebut, Kepala Dishubkominfo Boltim Zulfaki Gaib, saat dikonfirmasi pihaknya mengaku ditutupnya kantor tersebut, karena mendapat instruksi dari Bupati Sehan

KANTOR Dishubkominfo Boltim, terlihat ditutup meskipun masih jam kerja.(foto: ist)

Landjar untuk menghadiri acara peletakan batu pertama dalam

PBB

Ibukota Bolmut baru lakukan penyetoran Rp6 juta Boroko—Sejak tahun 2008 Pemkab Bolmut mendapat-kan insentif dari pemerintah pusat lantaran pembayaran pajak menjacapi 100 persen sebelum jatuh tempo. Berbeda dengan tahun 2013 ini, kemungkinan Bolmut tidak akan mendapatkan insentif. Hal ini lebih disebabkan karena capaian Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) ‘Jong-kok’ karena belum memenuhi target hingga batas waktu yang ditentukan per 30 Oktober batas jatuh tempo. “Jangan-jangan ini adalah imbas Pilkada, sebab para sangadi kebanyakan pada pemilihan bupati lalu, lebih mendukung jagoanya

yang kalah bertarung, sehingga malas untuk menagih pajak,” sembur pemberhati Bolmut, Agus Haidemans. Data yang berhasil dihimpun harian ini, PBB Per 31 September masuk ke rekening Bang Rakyat Indonesia (BRI) baru mencapai 27,96 persen dari terget Rp810.349.016, realisasi baru mencapai Rp226.580.695. Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD) Bol-mut, Aang Wardiman, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pendapatan, Fenty Cendra SE mengatakan, bahwa keba-nyakan tagihan yang telah disetor

oleh masyarakat ter-tahan di tangan aparat desa dan buktinya belum setor ke BRI. “Tentu tahun 2014 jika tidak memenuhi target pada saat jatuh tempo, Bolmut tidak akan dapat insentif. Ironisnya, Kaidipang sebagai pusat ibu kota yang merupakan percontohan bagi kecamatankecamatan lainnya dari target Rp155.586.151, baru disetor Rp6 juta, sisanya yang harus di setor mencapai Rp149.577.792 Kabag Humas Bolmut Fadly Binalombangan, ketika dimintai tanggapan soal keterlambatan PBB tersebut mengatakan hal ini bukan imbas dari Pilkada.

“Terindi-kasi banyaknya sangadi yang memanfaatkan setoran PBB dengan harapan akan diganti dengan dana ADD ketika akan cair,” kata Fadly. Berbeda dengan Salim Bin Abdullah anggota Dekab Bolmut. Ketua Komisi II ini menyampaikan, lantaran tidak seriusnya sangadi menagih PBB lebih disebabkan karena adanya hadiah yang dijanjikan oleh pemerintah daerah tidak direalisasikan pada tahun kemarin. “Saya ilustrasikan, jika orang tua menjanjikan kepada anaknya kemudian tidak ditepati, maka anak tersebut akan membangkang,” kata Ami Un sapaan akrabnya.(wege)

JAMAAH BOLMONG

46 haji tiba dengan selamat di kampung halaman Lolak—Sebanyak 46 orang jamaah haji asal Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), yang tergabung di Kloter enam, yang diberangkatkan beberapa waktu lalu oleh pemerintah ke tanah suci untuk menunaikan rukun islam ke lima, Selasa (29/10) kemarin tiba di kampung halaman dengan selamat. Hal ini dikatakan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Bolmong

Drs Tavif Pakaya, melalui kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah, Drs Hi Muhtar G Bonde, dimana sesuai jumlah yang telah diberangkatkan ke tanah suci Mekah, demikian pula jumlah yang kembali tanah air. “Alhamdulillah, 46 haji Bolmong, sudah tiba dengan selamat di Bandara Samratulangi Manado,” kata Bonde, Selasa (29/10) kemarin. Lanjutnya, saat tiba di

Bandara Manado, seluruh jemaah haji telah ditunggu oleh pihak keluarga masing-masing. “Dan jemaah haji Bolmong, langsung di jemput keluarga mereka dan bersama-sama pulang,” kata Bonde. Terkait kesehatan para haji yang baru saja tiba, Drs Hi Muhtar G Bonde menjelaskan, tidak ada masalah karena, termasuk dua orang pasangan

suami istri yang hampir saja tidak jadi diberangkatkan karena sempat divonis Kemenag sakit, serta salah satu haji yang sempat jatuh sakit diduga karena kelelahan saat menunaikan ibadah haji masih kembali dengan keadaan sehat walafiat. “Alhamduli-llah para haji semuanya sehat dan mereka tiba tampa kurang satu apapun,” katanya lagi.(tyr26)

pembangunan perumahan PNS di Desa Paret. “Sesuai instruksi dari bupati, harus

menghadiri acara di Paret. Sehingga itulah kantor ditutup,” jelas Gaib.(try25)

DPT KK

Tidak masuk, boleh daftar kembali Kotamobagu—KPU Kotamobagu mempersilakan bagi warga yang belum masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), hal itu pun dilakukan berdasarkan peraturan KPU Pasal 44 Ayat 1, dimana calon pemilih bisa masuk melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat desa/kelurahan. Namun KPU Kotamobagu masih dalam pencermatan DPT sebelum ditetapkan secara nasional pada 4 November mendatang. Ketua Divisi Data Informasi Kampanye Humas dan Antar Lembaga KPU Kotamobagu Asep Sabar menjelaskan, bahwa jika akan masuk dalam DPT khusus, calon pemilih harus diusulkan oleh PPS setempat paling lambat tujuh hari sebelum pelaksanaan pemungutan suara. DPT khusus itu akan dikeluarkan oleh KPU Provinsi Sulawesi Utara. “Hal ini sesuai Peraturan KPU Pasal 44 Ayat 1, dimana calon pemilih bisa masuk DPT tambahan paling lambat tiga hari sebelum pelaksanaan pemungutan suara, tentunya di PPS setiap desa/kelurahan,” kata Asep.

ASEP Sabar.

Ketua KPU Kotamobagu Nayodo Koerniawan juga mengemukakan bahwa panitia pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) sudah bekerja sesuai SOP (Standard Operational Procedure) dalam melakukan verifikasi faktual data pemilih ke lapangan. “Mereka juga bekerja dibawah pengawa-san serta supervisi lang-sung PPS, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan KPU kabupaten/kota. Kami memastikan data ganda, pemilih yang tidak berhak tetapi terekam dalam sistem informasi data pemilih (Sidalih) untuk segera dibersihkan,” kata Nayodo yang dihubungi, Selasa (29/10) kemarin.(try26)

DISCLAIMER

Pontoh bakal geser persoalan pihak ketiga ke kejari Boroko—Persoalan pembangunan sejumlah proyek yang hingga kini belum juga diselasaikan oleh pihak ketiga, bakal digeser oleh Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Drs Depri Pontoh ke pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Boroko. Pasalnya, sampai

saat ini belum ada tandatanda persoalan Tuntutan Ganti Rugi (TGR) hingga perbaikan bangunan yang belum digunakan namun sudah rusak, akan diselesaikan. “Jika persoalan pihak ketiga tidak diselesaikan maka saya akan geser ke pihak kejaksaan,” tegas

Depri. Depri menjelaskan, untuk mengantisipasi akan terjadinya disclaimer dan akan merebut predikat minimal opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP), maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) terus melakukan evaluasi bawahan setiap hari Jumat,

mulai dari jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), camat, organisasi hingga perorangan. “Terus mengevaluasi bawahan, mulai dari SKPD organisasi, perorangan dan pihak ketiga. Setiap hari Jumat di evaluasi,” jelas Depri. Depri juga

menambahkan, selama evaluasi dirinya menemukan ada tiga faktor yang dapat menyebabkan terjadinya disclaimer. “Kelalaian pribadi, organisasi dan pihak ketiga ini yang kami temukan selama melakukan evaluasi,” tambah Depri.(wege)

DEPRI Pontoh.


RABU 30 OKTOBER 2013

G AUL

SURAT KABAR HARIAN

SWARA KITA Berpikir dan Berbuat

16

FILM

Cameron Diaz bermain di “The Expendabelles”? DUA aktris seksi Cameron Diaz dan Milla Jovovich digadang untuk menjadi bintang utama dalam film THE EXPENDABELLES. Film satu ini tak lain adalah versi wanita dari film THE EXPENDABLES yang dibintangi oleh Sylvester Stallone dan Jason Statham. THE EXPENDABELLES kini sedang dikembangkan oleh produser Avi Lerner. Sang produser beberapa waktu lalu mengungkap hal tersebut kepada situs Standart. Ia sudah mendekati beberapa aktris wanita untuk diajak bermain dalam film tersebut. Nama aktris gaek Meryl Streep pun sempat dikabarkan bermain dalam film tersebut meski sebelumnya ia tak pernah bermain dalam film laga. “Akan ada pertempuran dengan banyak efek visual. Filmnya pasti setara dengan yang dibintangi oleh Sylvester Stallone, Arnold Schwarzenegger, Jason Statham, Harrison Ford, Mel Gibson dan Jean Claude Van Damme,” ujarnya. Dua penulis naskah Karen McCullah dan Kirsten Smith sedang didekati untuk menulis naskahnya. “Dua penulis naskah sudah didapat, kini saatnya mencari sutradara wanita,” lanjut Avi Lerner.(kplc)

NATALIE Portman mengungkapkan kebanggaannya menjadi seorang ibu. Ia pun belajar banyak hal dari pengalaman barunya itu. Mengutip dailymail, aktris pemain No Strings Attached ini menjadi lebih bisa mengontrol dirinya sejak menjadi ibu. “Saya senang menjadi seorang ibu,” kata Portman. “Aku bisa mengurangi untuk menghakimi orang lain dibandingkan sebelum aku punya anak. Hal

terbesar tentang mengasuh anak adalah bahwa itu pengalaman yang sama sekali berbeda untuk masing-masing orang,” jelasnya. “Semuanya keren, tidak ada aturan - maksudku, selain tidak menyakiti anak. Maka kita bebas mengasuhnya dengan cara kita sendiri,” jelasnya. Portman melahirkan Aleph Portman-Millepied, buah cintanya dengan Benjamin Millepied pada Juni 2011. Mereka kini menyewa rumah di Tel Aviv, Israel, yang juga kampung halaman Portman.(inic)

Natalie Portman

30102013  
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you