Issuu on Google+

20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia Ivan Nugraha

DUA Nol 20 Megabyte tentang Saya dan Perangkat Dunia

Judul :

Dua Nol (20 Megabyte tentang Saya dan perangkat Dunia)

1

2

20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

Penulis : Ivan Nugraha

Pembukaan

Jurnalstik Uin Sunan Gunung Djati Bandung 2010 NIM : 1210405047 Editor : Ivan Nugraha Desain Cover dan Isi : Ivan Nugraha

Bahwa sesungguhnya realita itu relatif.

Cetakan Pertama : Desember 2010

Dan oleh sebab itu sebagian manusia menjadikan

Percetakan : Ipan Ipin Upin House

dirinya unik dan mayoritas menjadikan dirinya sebagai

Tanjungsari – Sumedang

parasit. (ivan Nugraha)

Telp. 085797242832, Email. Ipan_ipinupin@yahoo.com

20 megabyte adalah kapasitas memori yang

FB : Ipan ipin upin

kecil di era teknologi saat ini. Sangatlah kecil memang. Mungkin

hanya

beberapa

foto,

sejumlah

video,

sesobek

bahagia

sebagian dan

audio, segores

penyesalan yang dapat disimpan dalam kapasitas 20 megabyte ini. Meskipun

terbilang

kecil

namun,

sudah

cukuplah untuk menyimpan sebagian hal tentang saya

3

4


20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

dan mengingat berbagai perangkat dunia seperti halnya peristiwa, fakta, romansa, tragedi, cinta, dan air mata. Jikalau setiap langkah harus di abadikan, 1000

Daftar isi

terabyte pun tak akan sanggup untuk menyimpannya. 20 megabyte sudah menjadi ukuran yang pas untuk buku ini mendongengkan “20 Megabyte tentang saya dan Perangkat Dunia.�

Ivan nugraha A.K.A

Isinya cuman kata kata

Ipan Ipin Upin

Isinya bukan rumus matematika Isinya kisah fakta Isinya tidak mengandung zat kimia Isinya belum kadaluarsa Isinya

5

6

20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

0-0

7

8

100% halal


20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

Tahun ke

0 START !!

Selasa, 26 Juni 1990. Sekitar pukul 22.15 wib telah lahir ke dunia nyata seorang anak manusia yang diberi nama Ivan Nugraha, begitulah kira kira yang tercantum dalam akta kelahiran dan hasil investigasi saya dengan beberapa saksi mata. Saksi mata yang dimaksud ialah bapak yang tercinta dan segenap keluarga besar, terkecuali ibu yang melahirkan saya. Lah, kenapa bisa gitu? Alasannya karena beliau telah dipanggil oleh yang maha kuasa saat saya balita

(mbak lita itu istrinya om lita).

9

10

20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

Nama Ivan Nugraha itu mempunyai makna yang sangaaaaaaaaaaaaattt

***LON***AUD***

historis. Kata “Ivan“

diambil dari nama marga orang-orang belanda. Kalian tahu pemain sepak boal asal negeri kincir angin macam Ruud Van Nistelrooy, Van der Vaart, Mark Van

0-1

Bommel, dan pemain arsenal saat ini Robbin Van Persie. Nah karena Indonesia pernah dijajah oleh Negara tersebut maka sisa-sisa penjajahan itu dapat dilihat dari nama saya, hahahahahaha. Sedangkan nugraha sendiri berarti anugrah. Jadi nama saya bisa diartikan

sebagai

anugerah

dari

penjajah,

wkwkwkwkwkw. Tahun pertama saya hidup di alam nyata ini sangat membosankan. Selidik punya selidik ternyata kerjaan saya seharian itu cuman nangis, bobo, netek dan ee (kecil dan besar). Sungguh terlalu !!! itu kata Bang Haji Roma Irama.

11

12


20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

Tahun ke

1

Nangis, bobo, netek dan ee 26 Juni 1991. Saya tidak mempunyai memori kehidupan saat berumur segini. Mungkin kegiatan di tahun ini masih sama seperti saya berumur satu tahun, nangis, bobo, netek dan ee (kecil dan besar). Yang jadi pembeda mungkin jika tahun ke satu ee nya masih encer , di tahun kedua ini lebih agak keras, hahahahahaha. Gak ada yang bisa saya ceritakan kepada kalian di tahun ini. Tidak ada bukti otentik macam audio ataupun visual yang bisa saya tunjukan. Kata nenek tiap hari pipi saya kena cubit orangorang, dari mulai orang tua, keluarga bahkan Pak RT di

13

14

20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

daerah saya tinggal pun ikut-ikutan nyubit pipi saya

***LON***AUD***

saking lucunya. Namun akibat cubitan itu membuat pipi dan wajah saya jadi hancur gak karuan. “Pak RT tanggung jawab ya“. Coba kalo dari mulai Pak RT, Pak

0-2

RW, Pak Camat, Pak Bupati, Pak Menteri sampai Pak Presiden pada nyubit saya, wah bisa berabe nantinya, bukannya

Baby

Face

ini

malah

jadi

Babi

Face,

wokwowkok. Tapi kalo dicubit sama Dara vokalis The Virgin seh saya mau-mau aja. Ah gara gara Pak RT neh tahun kedua hidup saya jadi MEMBOSANKAN !!

15

16


20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

Tahun ke

2

Belajar Berkata-kata

26 Juni 1992. Tahun ini merupakan launching film “Batman Returns“ yang dibintangi oleh Michael Keaton sebagai pemeran Batman. Film yang lumayan enak ditongton namun karena saya baru berumur 2 tahun jadi saya gak nongton. Di tahun ini pula saya udah bisa ngomong pake bahasa manusia walaupun sedikit. Lumayan lah bisa bilang “papa mama papa mama“. Sebenarnya seh saya pengen ngomong pake bahasa inggris cuman takutnya orangtua saya nanti kaget setengah mati, walah repot kan ?

17

18

20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

Selain udah bisa ngomong ternyata saya udah

Seperti hari-hari biasa, saya menjalani rutinitas yang

bisa ngorondang. Hebat kan ? Padahal mah waktu itu

biasa dikerjakan setiap hari. Bangun agak siang, beli rokok ke

saya juga udah bisa 19am??au??ala??Brandon, yang

warung sebelah, nyeduh kopi sambil bikin konsep biografi.

peserta IMB itu (Indonesia Mendirikan Bangunan), tapi

Diiringi dengan alunan musik dangdut saya pun mulai

karena

saya

ga

sombong

jadi

skill

19am??au??nya??ga??ditunjukin??sama??orang??orang ?? Meskipun ada perubahan tapi tetap saja keseharian saya itu cuman nangis, bobo, netek dan ee (kecil dan besar). Oh My God, itu MEMBOSANKAN !!!

menuangkan ide-ide yang terselip di sel-sel otak. Tarik Bray !!!! Berangkat kuli pukul 12.30 wib. Lumayan lah jarak dari rumah ke lokasi perkuliahan gak terlalu jauh juga gak terlalu dekat. Soalnya gedung kampus tempat saya kuli sedang direnovasi jadi untuk sementara entah itu satu semester, satu tahun ataupaun satu abad tempat perkuliahan dipindahakan ke sebuah SMK di kawasan Cinunuk.

Oktober 12, 2010.

Huft…… perkuliahan ini mulai membosankan…

100 lembar menanti Hari ini merupakan hari pertama saya menggarap Biograpi saya sendiri. Meskipun dengan hati rada terpaksa ***LON***AUD***

tapi 19am??au??gimana??lagi??orang??ini??tugas??pengganti??U AS????Sebenarnya??ini??adalah??judul??versi??ke??dua??se telah??kemarin??mengalami??kendala??dalam??hal??konsep ??yang??akhirnya??saya??harus??balik??lagi??dari??awal??b ikin ni buku.

19

20


20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

0-3

21

22

20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

Tahun ke

3

Good Bye My MOM

26 Juni 1993. Saya belum tahu apa arti kehidupan dan kematian. Namun yang pasti di tahun ini saya telah kehilangan seorang Ibu yang dengan jerih payahnya melahirkan dan mengurus saya sedari dulu. Jikalau saya mengerti akan pahitnya kehilangan, saya akan menangis ngajerit maratan langit, ngoceak maratan jagad.

Kejedot

23

24


20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

Di tahun ini pula tragedi lain menimpa. Kepala saya kejedot sumur, hahahahahaha. Bekas luka itupun

Meskipun saya tidak ingat rupa, suara dan rona wajah mu

sampai sekarang masih ada, tepat di pelipis kanan

Saya selalu mendoakan Ibu Dede Suryanah (Alm)

sekitar 1,5 cm dari mata kanan. Ada dua versi cerita atas insiden tersebut. Versi

Oktober 15, 2010.

yang pertama itu menyebutkan bahwasanya saya

Cartil

sedang latihan break dance di dekat sumur namun dikarenakan belum ada musik hip hop jadi saya setel

Ga ada yang aneh hari ini. Seperti biasa setelah

aja tembang lawas, walhasil jogednya gak karuan dan

bangun, saya mampir ke warung sebelah membeli rokok dan

“JEDAKKKK“, “BRAG BRUG BRENG BRONG“, wah

kopi, menyalakan kompi dan mulai mengerjakan tugas

rame pokona mah.

mandiri yang diberikan dosen-dosen yang menyebalkan.

Nah versi yang kedua ini yang menurut saya

Cek handphone ga ada sms yang masuk, maklumlah

paling aneh dan paling mustahil. Kejedotnya kepala

sampai sekarang saya belum punya pacar jadi jarang ada yang

saya itu merupakan dampak dari menongton debus di televisi. Hahahaha

sungguh edan ternyata kelakuan

nelepon ataupun kirim sms. Jika ada itupun orang-orang sesat yang ngajakin taruhan bola macam Nazmi Irham dan koncokonco. “Pan, edek moal Milan vs Inter ? Gocengan ah urang

saya.

nyekel Milan“. Yah begitulah kira-kira isi sms nya. Tapi ah, sial, udah pipi saya dower kena cubit

Saat ini saya sedang dalam fase yang dinamakan

Pak Rt nambah lagi bekas luka di wajah. Hmmmm,

“School Suck“, yang artinya “Sekolah Menyebalkan“.

makin hancur aja ni muka.

Suasana setiap hari itu rasanya sama, pergi kuli siang pulang

Sepenggal Lirik :

sore begitulah tiap hari selalu terjadi. Namun jika saya

25

26

20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

bercermin pada masa lalu, hal seperti ini tidak boleh dibiarkan karena akan membuat segalanya menjadi berantakan. Saya

0-4

tidak ingin mengecewakan ortu untuk yang keseribu kalinya. Teman sebangku dan seperjuangan menyarankan agar saya berlibur. Muhammad Ridwan yang biasa dipanggil Awink memberitahuakan sebuah tempat istimewa yang bernama CARTIL alias ketuk tilu eh caringin tilu. Lokasi strategis untuk melenyapkan rasa jenuh yang kian hari kian menumpuk seperti cucian kotor di kamar. “Sip lah kapankapan kita caw kesana“.

***LON***AUD***

27

28


20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

Tahun ke

4

Welcome Ibu Baru ku

26 Juni 1994. Tahun bahagia untuk kelurga. Di tahun ini sang bapak menikah lagi dengan wanita yang sekarang menjadi Ibu bagi saya. Tati Sartika. Itulah namanya. Sejak saat itu sampai sekarang beliau lah yang dengan semangat ’45 nya mengasuh, mendidik, menasehati anak-anaknya yang terdiri dari saya, abang saya Dicky Khadarisman dan adik saya yang diberi nama Reva Bagja Andriana. Adik saya ini yang menjadi anak pertama beliau. Meskipun begitu tidak ada pilih kasih

diantara

kami.

Alhamdulilah,

allah

telah

memberikan pengganti yang sempurna.

29

30

20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

Sedikit demi sedikit saya mulai bisa mengingat kejadian-kejadian pada

waktu itu. Yang teringat itu

permenkeun atuh nyak geber“. Nah itulah kenapa sang pemilik warung dijuluki “si Geber“.

saya selalu menangis ketika sang bapak memaksa saya

Hari sabtu adalah hari opsih nasional, itu kata bapak

untuk mandi. Yah gimana ga nangis coba, masa sabun

saya. Jadi mau tidak mau sebelum nyeduh kopi, saya dan sang kakak bahu membahu membantai segala jenis kotoran dan

badan dipake buat keramas. Aya aya wae si babeh mah.

sampah di rumah. Satu pekerjaan yang paling saya sukai adalah ngadurukan runtah. Alasannya cukup simple, tepat

Oktober 23, 2010.

dibelakang rumah saya terhampar sawah yang ajip untuk

Bakar membakar

dilihat. Didekat situlah tempat saya melakukan pembakaran sampah-sampah non organik macam plastik, karet, koran

Hari ini hari sabtu. Hari weekend sedunia. Tak ada

bekas dkk. Selain membakar sampah, tempat itu pula enak

perkuliahan, tak ada tugas, tak ada dosen dan tak ada uang

untuk membakar rokok, wkwkwkwkwkw. Sambil ngudud,

jajan. Seperti hari-hari lainnya sesudah bangun tidur dengan

minum kopi, siduru plus liat kemewahan alam berupa padi

segera saya melangkah mengikuti aroma rokok dari warung

hijau yang mulai menguning. Subhanallah, maha suci allah

sebelah. Uupss, hari ini gak dapet uang jajan, maka dengan

yang telah melukis tiap bingkai relif alam ini.

terpaksa saya nganjuk ke warung “Si Geber“, warung di sebelah rumah yang jadi langganan saya membeli rokok dkk.

***LON***AUD***

Kenapa dijuluki “Si Geber“? Karena jika ada pembeli yang datang dia selalu bilang “Geber“. “Rokona di geber moal sabatang?“ “Kopina atuh geber sakalian“, “Tah bala bala hanet geber geura“, “Aduh teu aya angsulna di kanu

31

32


20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

0-5

33

34

20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

Tahun ke

5 Nintendo

26

Juni

1995.

Hanya

ada

satu

kata

“NINTENDO“. Permainan elektonik yang membuat ketagihan. Bisa dibilang ini adalah nenek moyang nya console game macam Sega, PS, X-Box dkk. Setiap hari yang menjadi cocoan saya hanya benda ini saja. Berapa puluh bahkan ratus game telah saya mainkan bersama abang saya. Game yang paling saya suka itu adalah tentu saja Mario Bros si tukang pipa. Atau game perang macam Contra, game berantem yang seru abis kaya Street Fighter, dalam game ini yang jadi jagoan saya adalah “Dalsim“. Pria india kurus dengan kemampuan

35

36


20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

tangan dan kaki yang memanjang dan dengan jurus

berlantai dua, tidak pula berlantai tiga, soalnya kalo

mengeluarkan api dari mulutnya. Kalo ga salah untuk

lantainya banyak jadi susah saya ngepelnya. Untuk

mengeluarkan jurusnya itu pencet tombol A dan B.

lebih jelasnya saya sediakan peta untuk kalian yang

Pasti ingat seh soalnya untuk urusan yang beginian

ingin datang berkunjung ke tempat tinggalku yang

mah kagak bakalan lupa.

tercinta.

Di 1995 ini saya barengan keluarga pindah rumah. Saya baru tahu bahwa rumah yang ditempati selama ini adalah rumah kakek dan nenek. Sebenarnya sebelum menempati rumah itu kelurga saya tinggal di kecamatan Cikeruh (sekarang berganti nama menjadi Jatinangor). Namun setelah wafatnya ibu, bapak memutuskan untuk tinggal sementara di rumah kakek, di

kec

Tanjungsari.

Nah

setelah

menikah

lagi,

bapakanda mulai membangun rumah baru, masih di daerah Tanjungsari namun hanya berbeda desa. Tempat tinggal saya yang baru terletak di Desa Lanjung rt 04/ rw 01, kec. Tanjungsari kab Sumedang 45362 telp (022)7911225. Rumah yang sederhana namun mempunyai banyak makna. Tidak besar, tidak pula megah. Tidak

37

38

20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia Terima kasih kepada “Google Map“ yang telah memetakan Tanjungsari beserta daerah sekitarnya. Sumber : http://maps.google.com/

Oktober 25, 2010. Target pertama di 2010

Tidak jauh berbeda dengan hari sebelumnya. Bangun siang, ngoprek komputer, minum kopi ditemani dengan seorang sahabat setia bernama “rokok“. Rokok apapun itu selama masih bisa dibakar dan mengeluarkan asap serta bearoma cengkeh yang memikat menjadi santap sarapan setiap pagi. Hampir semua personil keluarga saya perokok, kecuali ibu dan adik saya yang masih SMP. Namun adik saya itu sudah berencana menjadi seorang perokok jika duduk di bangku SMA nanti, mengikuti jejak saya mungkin.

My home

Jam 9 pagi, saatnya onlen sebentar. Buka Facebook siapa tau ada pesan masuk sambil berharap ada cewek yang nulis status di Wall. Ah sial, pesan masuk gak ada, permintaan menjadi teman gak ada, yang coment status pun gak ada.

39

40


20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

Selang beberapa menit keberuntungan pun datang. Iseng chat sama teman kelas, tiba-tiba dia mengajukan

0-6

pertanyaan yang menghebohkan, “Pan, hoyong kenalan ka sodara abi? “. “Yeuh FB na cari weh.“ Begitu katanya. Dengan rasa penasaran saya langsung mengecek profil orang yang dimaksud. Wah lumayan sip jika diliat dari foto-foto nya. Tanpa pikir panjang saya klik ntu opsi tambahkan sebagai teman. Moga aja di approve. Semoga.

***LON***AUD***

41

42

20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

Tahun ke

6 6 itu favoritku

26 Juni 1996. Tahun pertama menginjakkan kaki di bangku sekolah dasar. Belajar berhitung dan membaca. 1 + 1 = 2, 2 + 2 = 4, 4 + 4 = 8. Belajar membaca ini Budi, ini Ibu Budi, dan ini Bapak Budi, namun sampai sekarang saya belum tahu orang yang bernama Budi adalah siapa, tinggalnya dimana, umurnya berapa, jenis kelamin nya apa, dia itu muslim atau seorang kristiani bla bla bla…. Yang pasti Budi ini adalah seorang murid teladan karena selalu dijadikan bahan pembelajaran di setiap sekolah dasar di indonesia. Cik atuh euy tahun 2012 mah ganti jadi Dadang, Maman,

43

44


20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

atau apalah yang berbeda. Karena mungkin teori

Untuk urusan prestasi di kelas, saya terhitung

“Budi“ inilah yang menyebabkan banyak kejahatan

murid yang lumayan. Tiga kali caturwulan (saat itu

sosial ataupun kejahatan politk yang berdampak pada

belum pake semester), tiga kali pula saya finish urutan

keadaan gak karuan seperti sekarang ini. Pak Gayus

pertama alias Rangking 1. Hehehehe, sekali dapet

Tambunan dan Mas Aril Peterpan pasti belajar Budi

rangking 1, maka kaset Nintendo pun bertambah satu.

kan??

Hadiah dari sang Bapak. Seragam

merah

putih

menjadi

kostum

kebanggaan. Bukan timnas Sepakbola Indonesia loh, tapi mirip ya ?? Topi dan dasi berwarna serupa

Misteri angka

menambah mecing nya baju seragam itu. Ah garila

6

pokona mah…… SD NEGERI KEBON HUI. Itulah namanya. Menyandang

status

sebagai

sekolah

negeri

tak

membuat saya ngeri. Mungkin karena saya masih olo

Angka 6 adalah angka favorit saya. saya lahir tanggal 26 di bulan ke 6. jika

leho jadi saya tidak terlalu memikirkan hal-hal semacam itu. Rp. 200 ialah uang jajan yang setiap hari saya

semuanya dijumlahkan 2 + 6 + 6 + 1 + 9 + 9 + 0

terima. Cukup lah untuk membeli es bon-bon dan sebutir

= 33, 3 + 3 = 6. Saat angka tersebut banyak

Cireng. Luamayan sekedar untuk mengisi perut yang

dikaitkan dengan hal-hal yang berbau kesialan

kosong.

dan 45

bencana.

Contohnya

Tsunami

Aceh

46

20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

26/11/04. Gempa Yogyakarta 26/05/06. Gempa

setan dalam bhs Latin sering diberi nama

Tasik 26/06/10. Tsunami Mentawai 26/10/10.

sebagai

Letusan Gunung Merapi 26/10/10. Entah itu

sipembawa cahaya. Dalam istilah astrologi

Lucifer

(Lux

Ferre)

atau

benar ataupun sekedar mitos, yang pasti

disebut juga sebagai Bintang Fajar atau Venus

semoga tanggal lahir saya bukan merupakan

atau planet ke-enam terbesar dalam tata surya

tanggal sial pula.

kita.

Angka 6 juga dipercaya sebagai angka

Semua

yang

buruk

dan

jahat

konon

keramat bagi sebagian orang. 666 dalam angka

mempunyai kaitannya dengan angka 666

Rumawi = DCLXVI atau dalam arti kata lain

seperti roulet, apabila semua angka di meja

dalam

roulet

angka

telah

dapat

angka

yang

Berzinah itu dosa berat maka dari itu angka

terdapat dalam angka Rumawi (D = 500, C =

666 dalam bahasa Yunani mempresentasikan

100, L = 50, X = 10, V = 5, I = 1). Angka 666

XES (sex terbalik) atau Χ Ξ Σ (Chi Xi Sigma)

dalam bhs Latin bisa diartikan sebagai DIC

sebab dalam bhs Yunani maupun Ibrani abjad

LVX = "dicit lux" - suara cahaya. Maklum

mereka itu juga identis dengan angka. Begitu

merepresentasikan

666

tsb

seluruh

47

48

dijumlahkan

akan

menjadi

666.


20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

juga dengan nama dari Kaiser Nero dalam

seribu bahasa menjadi peribahasa yang pas

bahasa Ibrani ini bisa ditulis dengan angka 666

untuk mendeskripsikannya. Maka dari itu jika

(Neron Kesar). Racun yang mematikan adalah

ditanya tentang kisah percintaan, wah kacau

racun 666 = racun Hexachloride yg diambil

banget dah.

dari formula kimia C6H6Cl6. Wah, sampai segitunya. Sebagian orang menganggap penyuka angka 6 adalah orang yang bermuka dua. Kenapa ? Coba saja anda balik angka 6 tersebut, hasilnya menjadi angka 9 bukan ? Tidak masuk diakal namun sepertinya cocok dengan karakter saya. Sifat saya itu periang dan suka bercanda di depan teman teman. Namun beda halnya ketika harus berhadapan dengan seorang wanita yang saya suka. Diam 49

50

20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

***LON***AUD***

0-7

51

52


20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

Tahun ke

7

26 Juni 1997. Tahun kedua mencari ilmu di Sekolah Dasar. Tidak ada kejadian yang terlalu diingat di tahun ini. Seperti biasa, 3 caturwulan saya lewati dengan predikat Rangking ke 1. Di rapor bersampul merah tertera profil Bapak yang tercinta plus tanda tangannya.

Nama :

Ade

Ttl

Sumedang, 5 Juli 1957

:

Alamat:

Jln. Kenanga No 48 rt 04 rw 01 Lanjung Kec. Tanjungsari kab. Sumedang

53

54

20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

Pekerjaan:

PNS

0-8 ( ADE )

November 22, 2010. November hot Bad bad bad bad bad bad bad day. Cuaca panas tidak mendukung perkuliahan. Mata kuliah yang membosankan. Ga banget aslina.

***LON***AUD***

55

56


20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

Tahun ke

8

26 Juni 1998. Tak ada yang peristiwa yang spesial untuk saya ingat di usia ke 8 ini.

November 30, 2010. November Rain

Hari yang melelahkan. Setelah berpikir keras memutar otak mengikuti perkuliahan, saya harus ujan-ujanan menempuh perjalanan pulang. Melihat kondisi yang gak mendukung untuk pulang ke rumah, saya putuskan mondok di kostan

57

Imadudin

al

Haq

alias

“Udin“

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

menyebutnya di daerah Manisi, cibiru. Teman kelas yang

Seperti

lirik

lagu

Kepompong

yang

dinyanyikan “Agi Usbraduy“ :

“Edan banjir na amit amit“. Begitulah kata-kata yang terlontar ketika banjir menerjang jalan raya yang

Persahabatan bagai kepompong

merupakan rute perjalanan. Keujanan itu udah pasti, macet

Mengarungi teman Hadapi perbedaan

apalagi, sepatu tikecemplung ah wajar, celana jibreg sudah

Persahabatan bagai kepompong

biasa. Meskipun begitu, semua itu menjadi sebuah hiburan

Hal yang tak mudah berubah jadi indah

yang efektif menghilangkan kejenuhan untuk sesaat. By the way, kegiatan yang menjadi andalan di temaptnya udin ini adalah turnamen “winning“, sebuah pertandingan game sepak bola di console Play Station 2.

***LON***AUD***

Satu permainan yang sarat dengan adu gengsi. Skill bermain, strategi yang diracik, bahkan sedikit keberuntungan menjadi hal yang harus ada dalam game ini. Sebuah game yang penuh dengan emosi. Apalagi jika yang bertanding itu adalah Iqbal Tawakal dengan tim kesayangannya Machester United melawan Agi Usbraduy

dengan Benfica nya.

Meskipun penuh persaingan dan sedikit ledekan, hal ini tak lantas membuat pertemanan kami menjadi renggang, malah semakin akrab dan bahkan sudah bagaikan saudara seiya sekata sebangsa senegara.

59

saya

58

20 Megabyte tentang Saya

hebat dalam tafsir dan bahsa arab.

begitu

60

selalu


20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

0-9

61

62

20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

Tahun ke

9 Rp. 350

26 Juni 1999. Uang jajan naik jadi Rp. 350 perhari. 3 lembar uang kertas bergambar kapal laut dan gunung api yang sedang meletus, berwarna merah dengan background berwarna putih (kalo ga salah) yang

63

64

mungkin

sudah

punah

di

2010

ini.


20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

Dan sebuah uang logam Rp.50 dengan relief

Saya bingung harus nulis apalagi tentang cerita

wayang di depan, dan rumah gadang sebagai gambar

di tahun ini. Ga ada hal yang menarik terkecuali

di bagian belakang.

pengalaman ekstrim pertama kali dipalak sama murid kelas 6. Hikz hikz, pikanyeri hateun.

Desember 7, 2010. KOMA 03 – 05 desember 2010 kemarin saya mengikuti ospek jurusan atau yang lebih dikenal dengan nama KOMA (kegiatan orientasi mahasiswa anyar) Jurnalistik UIN SGD. Sory salah, harusnya gambarnya ini.

Kegiatan yang menyebalkan tapi harus diikuti karena merupakan salah satu syarat mendapat beasiswa dan syarat mengikuti ujian akhir. Oh ya, mengikuti koma juga merupakan syarat masuk Hima meskipun saya tidak tertarik mengikuti organisasi apapun termasuk Hima. Hari pertama KOMA berlangsung di Aula kampus Uin SGD, dari pagi sampai sore hari. Seperti ospek jurusan kebanyakan, hari pertama diisi dengan materi-materi yang menjenuhkan, panitia yang tidak tahu apa artinya jadwal, dan KOMDIS yang sok galak (wajahnya kurang serem tuh).

65

66

20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

Hari kedua dan ketiga KOMA bertempat di Gunung Puntang, Banjaran. Sial, udara dingin yang menyebalkan. SUCK IT !! keadaan menjadi tambah membosankan dengan sandiwara Panitia kedisiplinan yang mulai ngalunjak. Menu makanan yang DAMN, jengkol !!!! Makan malam dengan jengki plus Lumpur. Tapi ya mau gimana lagi orang lapar, hajar aja tuh makanan. Jurit malam mengitari sekitar camp, di cemplungin ke kali, jongkok dan tiarap di atas lumpur, push up, marah marah para mahasiswa senior dan alumni yang ga penting. Semua itu sudah saya prediksikan dan sudah tak asing lagi, karena saya pernah mengikuti OSPEK semacam itu 2 tahun yang lalu saat masih beralmamater STSI BANDUNG. Jadi ospek semacam ini sudah ga mempan (bukan maksud sombong) bagi saya. Malah terkesan lucu, karena saya merasa seperti anak muda lagi. Wkwkwkwkkww

***LON***AUD*** ***LON***AUD***

67

68


20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

1-0

69

70

20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia Dalam urusan perebutan prestasi kelas gelar

10

Tahun ke

rangking pertama, sudah terlihat calon-calon pesaing yang mulai menunjukkan taji nya. Dalm 3 caturwulan di tahun ini saya hanya bias menduduki posisi pertama sebanyak 1 kali, 2 sisanya di ambil alih oleh 2 teman saya, Fian Nurdian dan Sendi Hakim. Di millennium baru ini juga muncul sesosok

ML (Monkey Love)

makanan pedas baru yang terbuat dari singkong, namanya “PIKDA“ a.k.a Kiripik Lada. Makanan yang

26 Juni 2000. Akhirnya abad ke 20 datang juga. Lagi musim nya bola neh. Setiap hari bermain bola bersama

teman

menghabisakan

kelas waktu

menjadi sore.

acara Meskipun

menjadi

hits

selama

72ecan??ini??selalu??ludes??dihajar??massa.

favorit asal

71tendang????namun??banyak??keceriaan??yang??terp ancar??dari??raut??muka??anak??anak??olo leho yang baru duduk di kelas 5 SD ini. Selain itu cinta monyet sudah mulai merebak di beberapa murid, tapi tidak termasuk saya. Yang namanya cinta saat itu hanya sebagai bahan tertawaan untuk meledek orang yang di gossipkan punya monyet.

71

***LON***AUD***

72

beberapa


20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

“Cinta monyet zaman ES DE“

***LON***AUD***

73

74

20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

1-1

75

76


20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia teman siswa SMP, dan sampai sekarang pun di 2010

Tahun ke

11

saya belum bisa berhenti dari kebiasaan buruk tersebut. Banyak Pertama

jika

hal

negatif

dari

dibeli

maka

tentu

sebatang itu

rokok.

merupakan

pemborosan karena harga rokok sekarang cukup mahal. Kedua jika dibakar akan menghasilkan polusi bagi

“Rokok adalah teman“

lingkungan

dan

jika

dihisap

maka

akan

mengahsilkan polusi bagi tubuh kita sendiri. Ketiga ada sebagaian ulama yang menyatakan rokok itu makruh

26 Juni 2001. tahun terakhir di meja sekolah

dan sebagaian lebih ekstrem lagi mengatakan haram,

dasar. Tidak terasa sudah 6 tahun saya mencari

kenapa? Saya juga gak tau, kalian tanyain aja sendiri ke

pendidikan di bangunan ini. Berbagai pengalaman dari

mereka.

mulai yang lucu sampai ekstrim menjadi kenangan tersendiri.

Apakah kalian tahu racun racun apa saja yang terkandung dalam rokok?

Di tahun ini pula kenakalan kenakalan remaja yang sering dipertontonkan di media massa pernah saya lakukan. Dari mulai mabal, berantem, judi kartu kuartet yang saat itu masih bergambar Winni the Pooh, mencuri jagung lantas dibuburak pak Oman, sampai merokok pun mulai saya lakukan. Berawal dari ajakan

77

78

20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

Syair sebatang ROKOK kamu itu seksi (langsing,putih,bersih) kamu itu hot (bisa dibakar kan) kamu itu bisa dicium seenaknya (orang ngerokok kan pake bibir) Kamu itu bisa digilir (istilahnya itu teng men) Kamu sering mangkal diwarung (beli rokok kan ke warung) Namun bagi saya, selain berdampak negative

10 menit yang menggairahkan

ada efek positif yang dihasilkan rokok.

(sebatang abisnya 10 menit)

Ingat kata-kata tsubasa si pemain bola, “rokok

Semakin bernafsu dan ketagihan

adalah teman“, begitu katanya. Memang sepintas terdengar menggelikan namun memang iya. Sebuah

(Nikotin dalam rokok bikin ketagihan) (Ivan Nugraha)

puisi sepertinya cukup indah untuk menggambarkan semua itu.

79

80


20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

Puisi tersebut semata mata bukan bermaksud mengkomersilkan rokok.

Ah, teman saya yang satu ini bilang, dia mau ngasih tanda tangan dibiograpi ini.

***LON***AUD*** (ROKOK)

81

82

20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

1-2

83

84


20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia Wow !!! peritiwa penting terjadi. World cup

Tahun ke

12

2002 yang di gelar di Korea Selatan dan Japan. Jerman yang menjadi jagoan saya berhasil masuk final, namun kalah oleh brasil yang masih dihuni Ronaldo, bukan Ronaldo CR7 yang sekarang menjadi gelandang Real Madrid tapi Ronaldo yang kepalanya plontos dan giginya Offside dikit kayak Ronaldinho.

Putih Biru Desember 08, 2010. 26 Juni 2002. kostum sekolah berganti dari

“Kemenangan pertama“

putih merah menjadi putih biru. Awalnya agak aneh seh namun lama-kelamaan jadi terbiasa.

Hari yang membahagiakan karena untuk yng

Banyak pengalaman pertama saya rasakan.

pertama kalinya saya berhasil memenangkan turnamen

Masa orientasi siswa (Mos) yang seru, teman baru, guru

Wining eleven yang biasa diadakan di tempatnya Udin.

baru, teman cewek baru (hehehe) yang pada imut imut

Memakai tim papan bawah Paris st germain (PSG) asal liga

namun sebagian ada yang amit amit, kakak kelas yang

prancis, 4 lawan berhasil saya singkirkan. Setelah berhasil

belagu dan tentunya uang saku yang bertambah.

membantai Ac Milan, jagoannya si udin, di final saya memnunudukan

Piala Dunia

Iqbal

Tawakal

dengan

bermain impresif selama kompetisi berlangsung.

85

86

20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

***LON***AUD***

***LON***AUD***

87

Manchester

Unitednya. Terima kasih kepada Giuly dan Pauleta yang

88


20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

1-3

89

90

20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia Namun ya setelah mendapat semangat dari

Tahun ke

13

teman sekelas akhirnya saya memberanikan diri untuk kenalan secara formal, maksudnya ya talking-talking dikitlah. Dulu waktu itu masih sangat jarang ditemukan yang namanya Handphone. Ya maklumlah namanya juga di Desa alias kampoeng. Lagian handphone saat

ML part II

itu menjadi benda yang cukup mahal sehingga anak smp seusia saya jarang ada yang memilikinya. Maka

26 Juni 2003. Akhirnya pada tahun ini saya

dari itulah alternative yang dipake buat pdkte itu

mengalami apa yang dinamakan orang Cinta Monyet.

dengan memakai cara kuno yaitu SURAT. Hahaha

Kalo orang menyebutnya cinta monyet maka kalo

maklum lah wong aku iki masih anak olo leho. Banyak

monyet kecil pacaran disebutnya cinta orang donk.

kelebihannya jika pdkte pake surat, pertama kita bisa

Wkwkwkkwww

melihat apakah si cewek ini suka kentut sembarangan

Ceritanya saya lagi bercanda nanyain cewek

atau ga dengan cara mencium bau kertas yang dipakai.

seorang siswi kelas sebelah kepada seorang teman. Eh

Apakah harum apa ga. Kalo bau berarti ya dia tukang

tanpa saya suruh teman saya ini memberikan salam

kentut. Wkwkwkwkw.

atas nama saya ke cewek tersebut. Damn !!! malunya

apakah si cewek ini suka ngupil sembarangan apa

bukan main. Beberapa hari selama jam istirahat sekolah

dengan cara melihat tulisannya, apakah tulisanya itu

saya tidak berani keluar kelas saking malunya.

Kedua kita bisa mengetahui

rapih atau acak acakan seperti tulisan saya. Jika

91

92


20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

tulisannya acak acakan berarti ah geuleuh nu kitu mah

saya menyetujuinya, karena baru nyampe disana saya

awewe teh tukang ngorong. Nah terakhir inilah hal yang

langsung disambut nasi + ayam + tahu + tempe + sambel

paling brutal dari kirim mengirim surat, jika ada bercak

cibiuk yang nendang abis pedesnya. Makasih Bunda

kuning plus bau juga agak basah di kertas suratnya,

makanannya lezat, tapi maaf saya SMK (Sudah Makan

maka

cewek

ini

ombeh

na

tara

bersih.

Kabur).

Hhhhahahhahaha…………..

Desember 10, 2010. Cibiuk dan Mertua Udin

Seperti biasa, pulang kuliah saya dkk pergi ke tempatnya udin, main PS lah. Menghilangkan penat perkuliahan. Sehabis adzan isya, semua orang pulang. Begitu pula dengan udin. Setiap weekend dia selalu pergi ke rumah mertuanya. Maksudnya orang tua pacarnya. Kebetulan rumah nya itu satu kecamatan dengan tempat tinggal saya meskipun agak jauh.

***LON***AUD***

Lantas Udin mengajak saya untuk mampir ke tempat mertuanya yang selalu dipanggil Bunda olehnya. Tak salah

93

94

20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

1-4

95

96


20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia pun, alcohol selalu menjadi “ritual“ utama di malam

Tahun ke

14

minggu.

Cinta Citha

Jauh dari itu, ada secuil kisah manis yang saya alami. Perjumpaan dengan seorang murid adik kelas

Firs Love, first alcohol

membuat jantung ini dug dag gak karuan. Setelah beberapa kali bertatap muka walaupun

26 Juni 2004. tak terasa ini merupakan satu

sekilas

saya

mengetahui

namanya

adalah

Citha

tahun terakhir di SMP. SMPN 1 Tanjungsari yang

Septianty, siswi kelas 2 yang berkacamata. Anjrit !!!

merupakan SMP favorit se wilbapak tanjungsari

Sepertinya saya jatuh cinta beneran. I’m fallin in love

menjadi kenangan tersendiri. Apalgi ditahun terakhir

jigana mah.

ini masa suram dan masa bahagia saya lalui.

Pedekate yang mulus membuat hubungan saya

Pertama kali berkenalan dengan alcohol. Anak muda yang ingin serba tahu namun terlalu ingin tahu

dengannya berjalan baik. DOR !! Satu kali nembak langsung di terima. Hehe siapa dulu donk.

sehingga awalnya mencoba setelah itu lagi dan lagi.

Meskipun sempat beberapa kali pusnyam

Saat itu iman saya terlalu lemah menghadapi

pusnyam (putus nyambung putus nyambung), jikia

nafsu, rasa ingin tahu, dan ajakan dari teman. Teman

dijumlah

yang menyesatkan. Dampaknya sampai tamat SMA

dengannya. Meskipun pada akhirnya kita memutuskan

97

jamleh

hampir

3

tahun

98

20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

untuk berjalan masing-masing, namun saya akan mengingatnya sebagai picaritaen ker engke mun geus kolot.

***LON***AUD***

***LON***AUD**

99

100

saya

pacaran


20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

1-5

101

102

20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia Wah, pertama kali bersekolah saya ngiler

Tahun ke

15

ngeliat cewek siswi yang pada putih, langsing, bohay, ada yang sipit sipit china gtu, putih putih tinggi mirip bule gitu, namun banyak pula yang item, pendek, kribo, lah pokoknya merusak pemandangan. Hahahaha Meskipun

banyak

siswi

cantik,

namun

pertanyaannya hanya satu, mereka mau ga sama saya ?.

SMA ( Sekolah Makin Ancur)

Dan memang, gak ada yang nyangkut satu pun dari mereka. Sialan.

26 Juni 2005. Bersekolah sekarang sudah muali

“SMAN TANJUNGSARI“. SMA tempat saya

memakai celana panjang. Iya lah orang saya sudah

bersekolah merupakan sekolah terfavorit di kecamtan

beranjak masuk SMA.

Tanjungsari. Selain merupakan SMA berlabel Negeri,

Yang

pertama

kali

saya

lakukan

saat

sekolah ini menjadi favorit karena cewek-cewek nya

berseragam putih abu ini adalah mengubah gaya

yang lumayan top markotop. Aduh, daritadi cewek

rambut. Yang asalnya bergaya Mohawk sekarang

mulu. Tapi memang pada saat saya baru masuk,

kembali ke gaya rambut pada saat masih kecil,

banyak kembang desa bersekolah disini.

combover alias belah sisi. Sebenarnya saat masih SD

Yup benar, Namun itu dulu, sekarang beda

rambut saya mirip andi lau, entah namanya apa saya

lagi. Menurut gossip dan penjelajahan indra ke enam

kurang tahu yang jelas orang sunda bilang “Belah dua“.

saya, untuk urusan kembang kembang desa, SMAN

Kalo Julia peres bilang “belah duren“. Wkwkwkkwww

103

Tanjungsari bukan lagi pabriknya. Ada dua sekolah lain

104


20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

yang menyaingi predikat sekolah penghasil cewek

dari penampilan fisik okey meskipun belakangan saya

cantik, yaitu SMK Pasundan dan YKM tanjungsari yang

baru tahu dia itu manis tapi iblis.

kedunya ini letaknya tepat bersebelahan dengan Sekolah saya dulu.

Hubungan yang ga jelas menurut saya. Dan memang dari awal sampai akhir semuanya ga jelas. Ga

Dan memang benar, jika saya nongkrong di depan rumah sore-sore setelah balik dari kampus, siswi

jelas kita jadianya gimana, ga jelas kita putusnya bagaimana.

dari kedua sekolah tersebut yang baru pulang sangatsangat mencuri perrhatian. Mungkin di sekolah nya ada ekskul model, atau bahkan ada mata pelajaran Pendidikan merawat muka dan bernampilan menarik. Kalo ada pasti gurunya Nikita willy atau Shireen sunkar. Ga apa apa lah asal jangan Luna maya aja sama Cut tari yang jadi gurunya, ntar bukannya ngajarin modeling malah ngajarin yang macem-macem lagi.

Pacar ga Jelas

Saat hubungan cinta saya berakhir dengan gadis berkacamata itu, muncul sesosok wanita yang ***LON***AUD***

105

106

20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

Sepenggal Lirik :

Sepenggal Lirik :

Suatu saat manusia akan bisa melakukan perjalanan

Allah menciptakan Iblis

menembus waktu

Apakah itu artinya Allah menciptakan Keburukan?

Entah itu dengan cara Logika ataupun dengan cara yang tidak masuk diakal sama sekali

(Ivan Nugraha)

Seperti halnya nabi Isa yang lahir di masa lalu akan datang menembud waktu ke masa depan saat akhir zaman menjelang. (Ivan Nugraha)

Sepenggal Lirik :

Iblis berperan penting atas keberadaan manusia di muka bumi ini Karena godaaan iblis lah, Nabi Adam dan Siti Hawa yang notabene nya adalah manusia pertama, mereka

***LON***AUD***

diturunkan ke bumi oleh allah swt (Ivan Nugraha)

107

108


20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

1-6

109

110

20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia yang astagfirullah menyiksa banget dah, bisa sampe 10

Tahun ke

16

halaman buku jurnal. Jangankan ngerjain sendiri, nyontek aja malasnya minta ampun.

Sahur saat Dzuhur

Bulan puasa beda lagi ceritanya. Namanya anak

Akuntansi atau bolos

lagi Bengal bengalnya, urusan puasa aja yang cuman nahan makan plus minum selama 14 jam pun terasa

26 Juni 2006. Ips menjadi program studi yang

memberatkan. Walhasil rumah makan di dekat sekolah

saya ambil ketika pemilihan jurusan saat naik ke kelas

selalu laris di siang hari. hampir semua siswa laki laki

dua. Mengapa saya memilih IPS ? meskipun saya suka

kelas saya buka puasa bareng di tempat ini. Ya, buka

dengan rumus rumus di pelajaran IPA namun karena

puasa adzan dzuhur atau yang sering anak-anak sebut

teman teman banyak yang masuk IPS ya saya

“buka puasa kloter pertama“. Bermodal uang Rp. 7000

mengikuti jejak mereka aja.

santapan lezat ala wisata kuliner Pak Bondan trans tv

Mabal kata lain dari bolos. Hampir sekali dalam

langsung tersaji di depan mata.

seminggu syaa lakukan. Terutama pelajaran akuntansi yang bikin puyeng kepala. Semester pertama saya

Saya the jack

hanya masuk 5 kali pelajaran ini. Bukan karena apa-apa cuman saya malas banget mengerjakan tugas-tugasnya

111

112


dalam

20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

Sepak bola seakan menjadi bagian yang penting

cuman saya, dan yang tertawa ketika si orange menang

lingkungan

cuman saya seorang.

pergaulan.

Apalagi

jika

yang

bertanding adalah klub kebanggan kota Bandung, siapa lagi kalo bukan PERSIB. Tim papan atas yang penuh dengan pemain bintang. Semua teman bahkan keluarga pun selalu ramai menyambut setiap pertandingan yang dijalani Tim Maung Bandung tersebut. Biasanya rumah saya mendadak berisik ketika puluhan bahkan ribuan tetangga berkumpul nongton tv bareng pertandingan Persib. Meskipun

begitu,

saya

malah

termasuk

suporternya musuh bebuyutan persib, yakni PERSIJA. Tim ibu kota yang paling konsisten dalam setiap tahunnya. Jika keduanya bertanding, saya menjadi kubu minoritas

di

depan

layer

kaca.

Karena

yang

memberikan dukungan ke “macan kemayoran� cuman ***LON***AUD***

saya, yang memberikan applause ketika Bambang pamungkas menceploskan bola ke gawang lawan

113

114

20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

1-7

115

116


20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia memanggilnya. Sebuah sepeda motor bermerk Yamaha

Tahun ke

17

Jupiter Z berwarna merah dan hitam bernomor plat Z 3928 AP. Sejak saat itu dia selalu setia menemani kemanapun saya pergi. Hujan, panas, aspal hotmix , jalan berbatu kita terjang bersama sampai nenek nenek yang lagi nyebrang pun hampir kita terjang saking kompaknya.

Jupe Gadis lain yang berkacamata 26 Juni 2007. Tahun yang penuh warna. Tahun terakhir merasakan sekolah pake seragam. Tahun

Menjadi senior di sekolah membuat saya bebas

terakhir gila-gilaan bareng Be Muhammad, Aevenged

bergerak menyisir tiap tempat di sekolah. Dari mulai

go, Yoga van ozan, Abdul Hazm, lukman van Helsing,

warjok (warung pojok), kelas, toilet, kantin, lapangan,

Dani van persib, dll (maaf buat anak anak Capacifor

semua bisa menjadi tempat nongkrong yang enak tanpa

alias V.s.o.p a.k.a iPS 4 yang ga ketulis, abis FB kalian

diganggu oelh murid lain.

ga ada seh).

Suatu hari, ketika lagi asik santai di warjok,

17 tahun. Tak ada yang istimewa di usia ke 17

datang segerombol siswi adik kelas memesan makanan.

ini. Tak ada perayaan tak ada kejutan. Semua berjalan

Dari banyak siswi yang ngariung, terselip

normal seperti biasaya. Yang beda hanyalah sekarang

seorang wanita berkacamata dengan frame putih yang

saya mempunyai partner baru. Si “Jupe“, begitu saya

117

118

20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

menarik perhatian saya. “Ah , sepertinya saya pernah

UN (Ujian Niron)

melihatnya“, ucap dalam hati. Setelah menginterograsi beberapa kenalan anak kelas satu, saya dapat informasi tentang siapa wanita

UN dapat dilalui dengan sedikit usaha (niron)

itu. Alliynda itu namanya. Cewek periang dan pandai

dan doa (Ya allah saya pengen punya pacar).

nyanyi. Dia termasuk salah satu “Most wanted Girl“ di

Wkwkwkww…… dan alhamdulilah saya bisa lulus

sekolah.

dengan hasil yang pas-pasan.

Kenalan-pedekate-jadian-putus.

Proses

yang

sudah menjadi tradisi. Setahun bersamanya cukup

Perpisahan ini janganlah cepat berlalu..

mempunyai kesan yang indah. Seperti kisah asmara yang sudah-sudah, semuanya selalu berakhir. Tapi

Sedih

rasanya

ketika

harus

menerima

alhamdulilah, meskipun status bukan lagi pacar,

kenyataan bahwa ini sudah saatnya kita berpisah.

silaturahmi tetap saya jalin dengan baik. Hubungan

Terutama

pertemanan saya dengan sang mantan-mantan tetaplah

sekolah. Menangis sudah tentu menjadi pemanis dalam

terjaga, sebab prinsip ynag saya pegang yaitu awal

acara ini. 3 tahun penuh kenangan. Rasanya ingin terus

yang baik harus mempunyai ending yang baik pula.

bersekolah disana selama mungkin, namun ya itu

Lagian saya bukan orang yang ngotot dalam urusan

mustahil.

cinta, keinginan dia berarti keinginan saya, keputusan dia berarti keputusan saya.

teman-teman

seperjuangan

di

Untuk yang satu ini mas Aril peterpan memang benar.

119

dengan

120


20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

“Tak ada yang abadi� “Tak ada yang abadi

1-8

121

122

20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

Tahun ke

18

IPDN? UNPAD? STSI?

26 Juni 2008. Selamat tinggal sekolah, selamat datang kuliah. Ya saatnya melanjutkan hidup. Beberapa Perguruan Tinggi dipilih sebagai rencana tujuan mencari gelar. Institut Perguruan Tinggi dalam Negeri atau yang biasa orang sebut IPDN menjadi target pertama. Sebenarnya saya ga mau daftar ke sana, namun karena melalu berbagai pertimbangan terutama saran dari ortu, akhirnya saya deal meskipun agak terpaksa seh. Dan benar saja, baru ujian tahap pertama saja sudah gugur. Gugur dalam ujian psikotes. Orang tua kecewa

123

124


20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

tapi saya bahagia karena memang saya ga ada niat masuk sana.

Sekolah ini terletak di daerah Buah Batu, Bandung setealh melalui beberapa seleksi, beruntung

Unpad menjadi sasaran selanjutnya. Dengan modal fotokopi persyaratan dan uang Rp. 150.000 saya

kali

ini

saya

lulus

ujian

masuk

dan

akhirnya‌‌‌..saya kuliah juga.

mengikuti SNMPTN, yang dulu dikenal dengan nama

Kuliah

yang

terbilang

singkat.

Hanya

2

SPMB. Ilmu hukum dan Administrasi Negara menjadi

semester yang saya jalani. Rasa jenuh dan kurang

jurusan yang dipilih. Namun lagi-lagi, hasilnya nihil.

kecocokan dengan lingkungan sosial disana membuat

Kali ini giliran saya yang kecewa, padahal saya

saya

berharap banget masuk sana. Tapi ya kalo lulus juga ga

perkuliahan.

akan saya ambil. Wong biaya masuknya juga udah mahal edan gila setengah mati.

tidak

betah

dan

tidak

nyaman

menjalani

Dan akhirnya setelah 2 semester

bergulat

dengan perkuliahan disana saya memutuskan untuk

Saat itu rasa putus asa mulai menyerang.

berhenti.

OSPEK‌

Tempat kuliah mana lagi yang harus saya datangi. Tentunya yang sesuai dengan kocek yang tersedia dan jurusan yang diminati. Setelah bertanya sana sini, ketemulah sebuah sekolah seni.

1 hal yang paling berkesan disana itu adalh saat mengikuti ospek. Ospek lapangan tentunya. 3 hari 3 malam berada di gunung dan di hajar abis-abisan oleh

2 semester bersama STSI

senior. Parah !!!! SADIS !!!! GILA !!!! ospek paling mengerikan dalam hidup.

125

126

20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

Saya ingat setiap kali megafon berbunyi sirine, saat itulah hal-hal yang mungkin kalian tidak akan bisa

1-9

bayangkan terjadi. Di marahin, di maki, di caci, di tampar

berkali

kali.

Sumpah

saya

tidak

ingin

mengulanginya lagi. Untuk sesaat saya hanya bisa membals memaki dan memcaci mereka dari belakang,itu saking kesalnya. Namun sekarang semua itu sangat terasa efeknya. Efek yang membuat saya bisa menyadari arti berpikir dewasa dan terlebih lagi belajar bagaimana kita bersyukur dalam hidup.

***LON***AUD***

127

128


20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

Tahun ke

19

Mimpi yang terbuang

26 Juni 2009. Keluar dari STSI membuat waktu luang bertambah untuk fokus melakukan hobi dalam bermusik. Semenjak kelas 1 SMA saya sudah mulai tertarik dengan musik. Berbagai genre aliran musik pun telah saya jelajahi, mulai dari aliran pop, rock, aliran listrik, aliran hitam, aliran sesat juga boleh. Dari zaman SMA, saya sudah mengenal itu yang namanya musik. Hadiah kenaikan kelas dari bapak berupa gitar menjadi awal langkah saya di dunia nada ini. Mendengarkan lagu, melihat orang manggung (sekolah, kampus, mall, club, indoor, out dor,sampai

129

130

20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

manggung di pelosok juga pernah) mengikuti parade

Marshall MG 10 CD buatan India (buatan inggris nya ga

sampai membuat lagu pun menjadi agenda tersendiri.

kebeli abis kemahalan) mulailah lah langkah awal saya

Namun mengusung idealisme yang tinggi,

bermain nada menyatukan musik analog dan musik

membuat

melangkah.

digital. Meskipun mengejar kesuksesan di bidang ini

Minim pengetahuan bermusik menjadikan langkah ini

sangatlah susah dan tentunya mahal, tapi suatu saat

tersendat. 5 tahun yang sia-sia. Meskipun berat

saya yakin ini kerja keras selama ini akan menjadi

membuang mimpi menjadi seorang musisi, namun

kredit poin tersendiri.

malah

kemunduran

dalam

pilihan “I GIVE UP“ itu merupakan jalan sorang

Hatur nuhun sebesar besarnya kepada semua

pecundang seperti saya. Hanya satu kalimat mengelak

mantan personil “INTERMEZZO“, Ragil pada vokal,

untuk itu “Maaf saya harus melanjutkan hidup“.

Yunk pada gitar Bass, Acep yang sekarang di

Namun begitu musik tetap menjadi bagian

Kalimantan, Qse si penggebruk Drum yang dulu

yang sulit dipisahkan. Meskipun saya bukan seorang

pernah kita saling menyatukan visi mencapai misi yang

yang ahli dibidangnya, namun sedikit demi sedikit

mungkin belum saatnya tercapai. Nasihat dari saya

lama-lama jadi bukit bermusik tetap saya lakukan

untuk kalian “Sukses bagi si Rajin“

meskipun itu sendiri. Berbekal dari browsing dan sedikit

mencuri

ilmu

orang

lain,

saya

mulai

mengalikasikan materi yang didapat. Yups, berbekal si “Udu”, Komputer jadul yang sering mati sendiri dan sebuah gitar elektrik J&D bersaudara

tak

ketinggalan

mini

amplifier

jenis

131

132


20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

***LON***AUD***

2-0

133

134

20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

Tahun ke

20

UIN‌Kuliah atau Pesantren?

26 Juni 2010.

20 tahun usia yang terpakai 20 tahun waktu yang terbuang 20 tahun yang mubazir 20 tahun hidup dalam alam materi 20 tahun kebodohan dan penyesalan 20 tahun bertindak seperti anak Pa’ud

UIN Sunan Gunung Djati menjadi pelabuhan selanjutnya dalam karir pendidikan. Daftar dengan

135

136


20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

semangat masuk Jurusan Teknik Informatika namun

nampak dari luar nya saya. Tidak terjebak

harus merelakan diterima di Jurusan Ilmu Komunikasi

kesenangan sesaat. Semua hal harus dipikirkan

Jurnalistik.

oleh otak kiri, artinya oleh logika. Saya ingin jadi

Awalnya ragu, namun interaksi sosial dinata para mahasiwa yang terjadi membuat saya betah. Teman-teman yang pada stress semua, mata kuliah yang agak mebosankan terutama Bahasa Arab, dan

orang yang disenangi apa adanya bukan ada apanya, karena saya sendiri senang dengan orang yang apa adanya.

kegiatan yang menjenuhkan, semua itu membuat

Indahnya Karya budi

kerasan berkuliah ria disini. Datang ke kampus sementara (SMK KARYA

Berkuliah di gedung sekolah merupakan hal

BUDI), merokok, belajar, merokok sambil ngopi, maen PS di kostan Udin sambil merokok + ngopi, kalo ga ujan

yang

membosankan.

pulang kalo ujan nginep. Begitulah skejul tiap hari

mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang

Terutama

untuk

kebanyakn

selama 4 bulan ini, sungguh orang bilang tak ada

harus rela di relokasi sementara ke beberapa tempat

kerjaan. Tapi bagi saya itulah kerjaan saya.

termasuk Fakultas Komunikasi yang ditempatkan di Karbud, sebutan untuk SMK KARYA BUDI. Meskipun sepertinya tak ada yang istimewa di

Saya ingin

tempat ini, namun bagi saya ada sebuah kenangan kecil

Saya ingin jadi orang yang anti materi.

yang mungkin bila suatu saat saya sudah kembali ke gedung kalmpus yang asli, kenangan ini akan menjadi

Tidak melihat segala sesuatu dari hal yang

137

138

20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

secuil ingatan manis. Sebuah perjumpaan dengan seorang siswi sebuah sekolah keperawatan yang

Padasuka, I’m in love

kebetulan juga sedang direlokasi ke gedung Karbud ini. Ega. Itu nama panggilannya. Seorang murid kelas

satu

SMK

yang

menurut

saya

menarik.

Perjumpaan yang terhitung lumayan sering membuat syaa memberanikan diri untuk berkenalan secara langsung.

Tapi

entah

kenapa

untuk

hal

yang

Saya bingung kenapa yang diceritain dari awal sampai akhir cewek mulu ya. Mungkin karena saya udah 2 abad jomlo kali ya. Tau dah bingung jadinya. Yang jelas si cewek ini selalu membuat

menyangkut tentang pacar-berpacaran serasa malas untuk saat ini. Malas prosesnya mungkin. Atau saya

6600 saya laku alias berdering. Enak dijadiin

belum menemukan sosok cewek dewasa yang benar

temen ngobrol ngelantur, apalagi ketika mumet

benar mengerti arti sebuah “Love Relationship“. Bukan

mengerjakan PR yang seabreg, asik banget dah

cinta materi seperti beberapa kasus yang pernah teman-

pokoknya.

teman saya alami (cewek goblok tuh), bukan pula cinta

Anak padasuka sepupunya temen kampus

gengsi yang liat pasangannya hanya untuk sekedar

saya. Ingin kenal lebih dekat seh, tapi banyak

gengsi-gengsian, (yank, entar jemput aku ya kita jalan kesana, yang bagus ya pake stelan yang rapih ya, pokonya kamu harus keliatan stylish deh di depan temen-temen aku, ok !) I’m sorry girl, untuk masalah ini

portal-portal yang menghalangi. Siapa tau besok lusa ada perkembangan positif antara saya dan dia.

biarkan saya hidup dengan cara saya sendiri.

139

140


20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

Syair Mahasiswa UIN SGD

Desember 19, 2010. Finish..

Tak ada uang, saya tetap senang Tak ada wanita, saya tidak merana

Alhamduliah, biograpi ini telah saya selesaikan. Step

UTS bahasa Arab “D “, saya tetap PeDe

selanjutnya tinggal menjadikan data digital berformat

Tugas numpuk, ga usah dikerjain

Microsoft Word Document, bertipe font Urania Czech

Absensi jelek, siapa suruh dosen seenaknya gonta ganti

berukuran 11, yang dicetak diatas kertas putih berukuran

jadwal

128mm x 182mm menjadi sebuah buku. Sebenarnya masih banyak konsep yang belum

Dosen ga masuk, adem sejuk Perut keroncongan, tenang banyak teman bawa

tertuang dalam buku ini. Namun satu harapan saya semoga

makanan

buku ini dapat bermanfaat dunia dan akherat bagi para

Kuliah kesiangan, nyantei aja lah nyimeng dulu satu

pembacanya. Amiiiiiiiiin………

batang Kacamata retak sebelah, gak apa-apa biar jadi ciri khas Rokok abis, saya Nangis Rokok dilarang saya menentang Rokok jadi mahal Saya DEMO ke gedung DPR PDKTE gagal, ah Sial !! Di tolak cinta, oh tidak bisa.

141

142

20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

Cast

143

Ivan Nugraha

as

Ade

as

Saya Bapak

Dede. O. S

as

Ibu ( Alm)

Tati Sartika

as

Ibu

Dicky K

as

Abang

Reva Bagja A

as

Adik

Si Geber

as

Pemilik Warung

Nur Azizah

as

Teman Chat FB

Fian Nurdian

as

Fian Nurdian

Sendi Hakim

as

Sendi Hakim

Muhammad Ridwan

as

Muhammad Ridwan

Imadudin Al Haq

as

Udin

Iqbal Tawakal

as

Iqbal Tawakal

Agi Usbraduy

as

Agi Usbraduy

Kartika

as

Cinta Monyet

Citha Septianty

as

First Love

144


20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

Vina

as

Allynda

Pacar ga Jelas as

Most wanted

Girl Ragil T. K

as

Yusuf Saefulloh

as

Yunk “Intermezzo“

Yoga

as

Qse “Intermezzo“

Acep Saepudin

as

Acef “Intermezzo“

Muhammad Iqbal

as

Be Muhammad

Aep

as

Aevenged Go

Yoga Maradona

as

Yoga Van Ozan

Wahidin

as

Abdul Hazm

Dani Ramdani

as

Dani Van Persib

Lukman

Ragil “Intermezzo

as

Daftar

Produser

as

Direktur

as

Scriptwriter

as

Coach

:

Nonton

:

Kuliah

jagad.

:

Menangis yang keras

Kompi

:

Komputer

runtah

:

Membakar sampah

Ngudud

:

Merokok

Siduru

:

???

maratan langit,

Lukman van

as

Nongton Kuli Ngajerit

Helsin

Ivan Nugraha

Ngoceak maratan

Ngadurukan

145

146

20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

Cocoan

:

Mainan

Olo leho

:

Ingusan

Es bon-bon

:

Permen

Mondok

:

Nginep

By the way

:

Ngomong-ngomong

Teruntuk :

Pikanyeri

Ayahanda, Ibu, Kakak, Adik

hateun

:

Sakit hati

Mabal

:

Bolos

talking

:

Ngobrol

Geuleuh

:

Jijik

Keluarga Teman

Talking

Kamu

Ngorong

:

Ngupil

Ombeh

:

Cebok

Jigana mah

:

Sepertinya

Dia Kalian Mereka

Terima kasih :

Picaritaen

Allah Swt

ker engke

Muhamad SAW

mun geus kolot.

Istilah

Ayahanda, Ibu, Kakak, Adik :

Cerita di hari tua

Skejul

:

Jadwal

Seabreg

:

Numpuk

Teman di Jurnalsitik B UIN Sunan gunung Djati 2010 Awink kecil, teman sebangku Imadudin, guru spiritual

147

148


20 Megabyte tentang Saya

20 Megabyte tentang Saya

dan Perangkat Dunia

dan Perangkat Dunia

Rock n roll selalu, Agi usbraduy Ucok siregar a.k.a iqbal tawakal Isep and Bani bersaudara Nur azizah, mak comblang kita semua (Maaf yang gak kesebut, tulis aja asendiri dibawah) “Si UDU”, teman elektonik yang jadul The inspirator, “Rokok” dan koleganya “KOPI” “Jupe”, Patner setia sehidup semati Si gitar dan si ampli, bikin hidup jadi lebih hidup dan Tukang kirim SMS yang selalu ketiduran, Dwiw Twiw

***LON***AUD***

149

150


20 Megabyte tentang saya dan perangkat dunia