Page 1

FREE ! OKTOBER / 2018

MYMAGZ - OKTOBER 2018

1


2

MYMAGZ - OKTOBER 2018


MYMAGZ - OKTOBER 2018

3


editor's note

Published By:

PUBLISHER PUBLISHER Olaf Olaf Purvis Purvis

Tradisi merupakan segala sesuatu yang sudah ada sejak dahulu yang diwariskan dan dilestarikan hingga sekarang. Indonesia adalah negara yang mempunyai banyak suku dan budaya di setiap pulaunya. MYMAGZ pada edisi Oktober kali ini mencoba membahas mengenai tradisi, khususnya tradisi yang ada di Yogyakarta.

MANAGING MANAGING EDITOR EDITOR Yerina Yerina Margia Margia SENIOR EDITOR EDITOR Billy Tiwi Bagus Purba Dhimas Pramodyo EDITOR Herwin JOURNALIST Setyo W Stephania Rizky Listya Shakila Pratama Cornelia Enindya Dion Mujo Leony Zuchraya JOURNALIST CREATIVE DEPARTMENT Athalia SENIORDamaria GRAPHIC Ariawati DESIGNER Rizky RetnoListya Wulandari Pratama Uswah Chandra Fitriani JUNIOR GRAPHIC DESIGNER CREATIVE Alfian Kipli DEPARTMENT SENIOR GRAPHIC DESIGNER Retno SENIOR Wulandari PHOTOGRAPHER Henrych Gus Dharma Chrystyan Clif Ricky PHOTOGRAPHER GRAPHIC Asrandi Mudianto DESIGNER Rifqi Rosita Syam Carolina SENIOR PHOTOGRAPHER Gus Dharma PHOTOGRAPHER MANAGING DIRECTOR Asrandi Olaf Purvis Mudianto Aldu Godjali ACT GENERAL MANAGER Yerina Margia MANAGING DIRECTOR Olaf AREA Purvis MANAGER Samantha Dewi ACT RullyGENERAL Hasbi MANAGER Yerina Rifqi Syam Margia

DIGITAL DEPARTMENT

HEAD OF DIGITAL MARKETING Brian Agung Gultom

Selamat menikmati para pembaca setia MYMAGZ….

HEAD OF DIGITAL Clif Pontororing Sanjaya Margianta

DIGITAL PROMOTION Prasyudyo DIGITAL ADMIN Meynar Audito

AREA FINANCE MANAGER Dian Nik Purnama Yustikarini Dewi Rully Gilang Hasbi Delima

SALES DEPARTMENT

M. Rifqi Syamsurrijal (rifqi@mixmedia.co.id)

SALES MANAGER Nashrul Jihadan ACCOUNT EXECUTIVE Iqbal Febian Tirtowiguno Erma Dwi Kartika Stella Maris

OPERATION Imam Fahmuddin Wayan Vena Irawan Alit Sukadana Didi Artana

4

Salah satu tradisinya yaitu Labuhan Merapi. Labuhan Merapi setiap tahunnya digelar pada tanggal 30 Rejeb (penanggalan Jawa) dalam rangka memperingati jumenengan (naik tahta) Sri Sultan Hamengkubuwono X. Bagaimana ulasan menariknya? Simak langsung di Rubrik Art & Culture. Tidak kalah menarik dengan ulasan mengenai Labuhan Merapi, di Rubrik Perspective juga ada ulasan menarik mengenai tradisi Nguras Enceh.

DIGITAL DEPARTMENT ASSISTANT OF DIGITAL CREATIVE

REGIONAL TECHNICALHEAD ADVISOR Woro M. Amirullah Agustin

TECHNICAL OPERATIONADVISOR M. Slamet Amirullah Benny Raharjo Alit Sukadana FINANCE Nahrul Ilmi Nik Purnama Dewi Gilang Delima

Yogyakarta adalah provinsi yang merupakan salah satu daerah istimewa di Indonesia. Statusnya sebagai daerah istimewa memang berbeda dengan daerah lain yang mana gubernur dijabat oleh Sultan dari Keraton Yogyakarta. Keberadaan Keraton Yogyakarta sendiri turut berperan besar dalam usaha pelestarian tradisi dan budaya di Yogyakarta.

MYMAGZ - OKTOBER 2018

Head Office

By Pass Ngurah Rai, NO. 73, Kedonganan Bali 80361 Phone : +62 361 4724 599 +62 361 8957 791 e-mail: info@mixmedia.co.id www.mixmedia.co.id www.mymagz.net

Branch Office

Kompleks Bulaksumur blok H no 5, Yogyakarta 55281 Phone : +62 274 2924114 Fax : +62 274 549515 : : : :

@my_magz my_magz mymagz issuu.com/mymagz


MYMAGZ - OKTOBER 2018

5


CONTENT 22 Stayover

20

ALILA SOLO HOTEL PADUKAN TRADISI DAN DINAMIKA KOTA SOLO

Inspired

WIDIE RAVITA KEKUATAN BUDAYA DAN PEREMPUAN

44 42 Art & Culture

LABUHAN MERAPI

MENGENAL KEUNIKAN TRADISI YOGYAKARTA

6

MYMAGZ - OKTOBER 2018

Perspective

UPACARA NGURAS ENCEH

BUDAYA MEMBERSIHKAN DIRI DAN HATI DARI PERBUATAN KOTOR


MYMAGZ - OKTOBER 2018

7


NEXT

MARIAH CAREY LIVE IN CONCERT AT BOROBUDUR Mariah Carey bakal menggelar konser tunggal di Taman Lumbini, Komplek Taman Wisata Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, 6 November 2018. Candi Borobudur yang megeh akan menjadi latar belakang panggung sang Diva Pop dunia. Dalam penyelenggaraanya, panitia menyediakan lima klasifikasi tiket, untuk penggemar yang ingin menikmati konser dengan tajuk “Borobudur Symphony 2018 Mariah Carey Live In Concert”.

NGAYOGJAZZ 2018 Ngayogjazz kembali digelar tahun 2018 dengna tema “Negara Mawa Tata, Jazz Mawa Cara”. Acara yang akan digelar pada 17 November 2018 ini berlokasi di Desa Gilangharjo, Pandak, Kabupaten Bantul. Acara akan dimulai pada pukul 10 pagi hingga selesai. Acara ini akan dimeriahkan oleh beberapa musisi jazz lokal dan juga dari luar Yogyakarta.

ECONOMIC JAZZ LIVE PART XXIV Acara yang diusung oleh UGM ini akan hadir pada Sabtu, 3 November. Economic Jazz Live Part XXIV akan diselenggarakan di Grand Pacific Yogyakarta. Bob James, Ruth Sahanaya, Kunto Aji dan beberapa bintang tamu lainnya juga turut meramaikan acara ini. Bagi anda yang ingin menikmati konser musik jazz, acara ini dapat menjadi pilihan.

8

MYMAGZ - OKTOBER 2018


MYMAGZ - OKTOBER 2018

9


NEXT

SOLO BATIK FASHION Perhelatan ini merupakan salah satu acara yang ditunggu pecinta fesyen. Solo Batik Fashion akan kembali hadir. Acara peragaan busana ini akan dilaksanakan pada 12-13 Oktober. Berbagai desainer dan desain busana akan hadir disini. Perhelatan ini akan dilaksanakan Solo Paragon Mall. Bagi anda yang gemar melihat pameran busana, acara ini dapat menjadi pilihan.

Indonesia International Mask Festival (IIMF) dan International Ancient Mask Summit (IAMS) Bagi anda yang tertarik pada dunia topeng dan tari acara ini dapat menjadi alternatif hiburan. Acara ini akan menampilkan perhelatan berbagai pertunjukan topeng Indonesia. Acara ini akan hadir di Solo pada 26-27 Oktober 2018 mendatang. Acara ini akan dilaksanakan di Pendopo Prangwedangan Pura Mangkunegaran, kota Solo.

SIPAS SOLO OPEN ARCHERY COMPETITION 2018 Sipas Solo kembali menggelar lomba panahan. Lomba ini akan di gelar pada 1-4 November 2018 mendatang. Open Archery Tournament ini akan diselenggarkan di Benteng Vestenburg Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. Sipas Solo Open Archery Competition ini akan memberikan kejuaraan target panahan dari beberapa kategori yaitu 1) Standar Nasional untuk U9, U12, U15, U23, 2) Tradisional, 3) Beregu.

10 MYMAGZ - OKTOBER 2018


MYMAGZ - OKTOBER 2018

11


POST

MAKAN MALAM ROMANTIS DI AGRA ROOFTOP BY ALILA SOLO HOTEL Menikmati makan malam romantis bersama pasangan dengan suguhan pemandangan gemerlap lampu kota Solo memberikan pengalaman berbeda. Agra Rooftop Lounge baru-baru ini meluncurkan paket makan malam romantis dengan 5 courses menu makan yang diadakan setiap hari Minggu. Romance in the Sky, menempati rooftop dari Alila Solo Hotel di ketinggian 29 lantai. Sajian menu makanan yang dihadirkan tidak kalah isitimewa. Angus tenderloin atau crisp skinned barramundi sebagai sajian utama, serta white callebaut chocolate untuk makanan penutup. Romance in the Sky, terbatas untuk 6 pasangan tiap minggunya.

BERSIHKAN CORETAN VANDALISME DI SEPANJANG JALAN PALAGAN Hyatt Regency Yogyakarta, peraih Green Hotel Award peringkat 1 Nasional dan ASEAN Green Hotel Award 2018, kembali menjadi inisiator gerakan peduli lingkungan. Melalui #CleanJogja yaitu gerakan melawan Vandalisme, Hyatt Regency Yogyakarta mengajak lebih dari seratus masyarakat untuk ikut bergabung dalam aksi ini. Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama Hyatt Regency Yogyakarta dengan Koramil 06 Ngaglik. Acara ini sekaligus memperingati hari Jadi TNI AD. Acara ini dilaksanakan pada 21 September 2018 lalu. Acara ini diselenggarakan untuk mengajak semua kalangan peka terhadap lingkungan sekitar.

12 MYMAGZ - OKTOBER 2018


MYMAGZ - OKTOBER 2018 13


POST

BERLARI UNTUK BERBAGI EDUKASI DI RUN TO GIVE Acara Run to Give 2018 yang diadakan di Yogyakarta Marriott Hotel oleh Yogyakarta Marriott Hotel dan Sheraton Mustika Yogyakarta Resort & Spa pada Minggu, 23 September 2018 lalu. Acara ini diikutih lebih dari 600 peserta. Memiliki jarak 5 km yang dimulai dari Yogyakarta Marriott Hotel, menuju utara melewati ring road utara, kemudian ke arah selatan melalui jalan Affandi, dilanjutkan melewati jalan sepanjang selokan mataram, kemudian dilanjutkan menyusuri ring road utara dan berakhir di Yogyakarta Marriott Hotel. Acara ini diselenggarakan juga untuk mengedukasi mengenai penyakit Lupus bersama Sahabat Cempluk dan juga Dokter Suma dari Rumah Sakit Sardjito Yogyakarta.

MENJELAJAHI KEINDAHAN LEWAT PLATARAN AMAZING RACE Plataran Borobodur Hotel and Resort, menggelar acara bertajuk Plataran Amazing Race. Acara yang diselenggarakan pada 1 September 2018 lalu, dihadiri oleh berbagai perusahaan. Acara ini,mengajak para peserta untuk berjelajah menikmati komplek Plataran Borobudur Resort and Spa yang indah dan mengagumkan. Hotel dengan konsep “True Indonesia Icon� ini, menawarkan eksotisme pemandangan dan pengalaman menginap berbeda. Acara ini,menggunakan konsep permainan teka-teki mencari tempat. Setiap perusahaan yang ikut dibagi menjadi kelompok berbeda untuk bertarung dan menjadi juara. Plataran Amazing Race diadakan untuk mendekatkan diri pada berbagai kalangan terutama masyarakat.

14 MYMAGZ - OKTOBER 2018


POST

ULANG TAHUN MGALLERY di THE PHOENIX HOTEL YOGYAKARTA Memperingati 10 tahun usia MGallery yang merupakan brand dari manajemen hotel dengan konsep yang memadukan karya seni dengan bangunan untuk tempat menginap anda. The Phoenix Hotel Yogyakarta, merupakan salah satu hotel dibawah naungan brand tersebut. Sebagai hotel yang berlokasi di Jogja, The Phoenix mengajak tamu hotel serta undangan untuk merayakan bersama-sama di The Phoenix Ballroom. Hotel ini, menawarkan 9 kreasi Gudeg mereka serta cooking class dari varian menu gudeg tersebut. Selain itu kegiatan Masterclass Jamoo mengajak para tamu untuk melihat proses pembuatan dari minuman jamu tersebut. Acara yang berlangsung pada tanggal 19 September ini juga dihadiri oleh rekan-rekan bisnis The Phoenix Hotel Yogyakarta.

KENALKAN DESAINER MUDA LEWAT AJANG ROAD TO JOGJA INTERNATIONAL BATIK BIENALLE Road to Jogja International Batik Bienalle 2018 digelar pada tanggal 27 – 29 September 2018. Acara ini, bertempat di Plaza Pasar Ngasem. Rangkaian acara Jogja International Batik Bienalle 2018 yang berakhir pada 6 Oktober 2018. Mengusung tema innovation for sustainable future ini merupakan wadah bagi desainer muda atau pendatang baru industri batik untuk memamerkan koleksi mereka ke publik. Terdapat 65 desainer muda yang berpartisipasi. Malam puncak Road to Jogja International Batik Bienalle 2018 merupakan pagelaran fashion show yang turut menghadirkan pemenang dari lomba busana di hari sebelumnya yaitu Hinggil Batik. Rita Noor Rizky selaku desainer dari Hinggil Batik menampilkan enam koleksi busana miliknya pada gelaran tersebut.

MYMAGZ - OKTOBER 2018 15


POST

Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival 2018 APPBI (Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia) DPD DIY, kembali hadir dengan Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival. Acara ini hadir dengan melibatkan 7 pusat perbelanjaan yaitu Hartono Mall, Galeria Mall, Lippo Plaza Jogja, Jogjatronik Mall, Jogja City Mall, Plaza Ambarukmo, dan Malioboro Mall. Ratusan gerai akan hadir dengan berbagai jenis makanan. Festival ini berperan untuk memajukan mitra tradisional atau UMKM Yogyakarta. Rangkaian acara ini dimulai sejak pembukaanya pada 28 Oktober lalu. Pembukaan acara tersebut dimeriahkan dengan penampilan pertunjukan tari, musik, dan tenant makanan. Acara ini akan berlanjut pada hampir seluruh pusat perbelanjaan dengan tema berbeda dan waktu yang bergantian.

KANMO GROUP RESMIKAN MOTHERCARE & ELC Perusahaan distribusi ritel, Kanmo Group resmi membuka gerai Mothercare & ELC. Pada 13 September lalu, Mothercare & ELC (early learning Center) resmi dibuka di Hartono Mall Yogyakarta. Mothercare merupakan gerai pengecer global untuk anak dan orang tua yang memiliki 1300 toko di 56 negara. Gerai ini dibuka dengan konsep area bermain untuk anak. Mothercare & ELC (early learning Center) dibuka dengan luas wilayah 500 m2. Lebih dari 6000 produk disediakan sesuai kebutuhan ibu dan anak. Acara ini juga dimeriahkan dengan peragaan busana bersama anak, influencer dan blogger.

16 MYMAGZ - OKTOBER 2018


POST

MENGEMBALIKAN SEMANGAT DUNIA FILATELI LEWAT LOKAKARYA FILATELI 2018 Kegiatan filateli kerap diasosiasikan dengan kegiatan orang tua. Minimnya pengetahuan serta keinginan masyarakat untuk melakukan kegiatan filateli membuat kurangnya gairah dunia filateli Indonesia. Lokakarya Filateli Nasional 2018 yang diadakan pada 20 September lalu mencoba mengembalikan semangat dunia filateli Indonesia. Filateli dapat menjadi memoribilia bagi pengoleksi dan mengenalkan dunia melalui filateli. Acara yang diadakan di Tentrem Hotel Yogyakarta ini, dihadiri pula GKBRAA Paku Alam. Beliau memberikan dukungan bagi generasi muda Yogyakarta untuk bersemangat dalam kegiatan ini. Perkumpulan Filatelis Indonesia juga tengah gencar berkorespondensi melalui kartu pos dan mendapatkan teman sahabat pena secara acak melalui internet. Hal ini dilakukan untuk mengenalkan filateli ke generasi muda.

PENGENALAN DESTINASI PARIWISATA DANAU TOBA Menyambut angin segar industri pariwisata di Asia Tenggara yang tumbuh pesat, Indonesia mulai berbenah untuk sektor pariwisata pada beberapa wilayah yang potensial. Kawasan danau Toba merupakan salah satu sasaran dari program Kementrian Pariwisata untuk pmebangunan tersebut. Kegiatan pemasaran Danau Toba ke pasar wisatawan yang melibatkan segenap perusahaan dalam rantai pariwisata serta konsumen, dilaksanakan di beberapa kota di Indonesia. Setelah sebelumnya diselenggarakan di Jogja dan Surabaya, pada tanggal 28 – 30 September 2018 Semarang menjadi kota dalam rangkaian kegiatan penjualan tersebut. Bertempat di Paragon Mall Semarang, acara ini dimeriahkan pula oleh Sammy Simorangkir sebagai bintang tamu. MYMAGZ - OKTOBER 2018 17


INSPIRED

18 MYMAGZ - OKTOBER 2018


INSPIRED

“

ANNA NUR MENDEKATKAN TRADISI LEWAT BATIK

B

atik merupakan peninggalan dari nenek moyang yang bernilai tinggi. Sebagai masyarakat Indonesia kita perlu memahami nilai-nilai tersebut dan melestarikannya. Batik juga memiliki nilai jual tinggi dan mampu bersaing di pasar dunia. Salah satu desainer pemula di Yogyakarta ini, memiliki pendekatan unik untuk kelestarian batik. Berawal dari tugas akhir kuliahnya di salah satu perguruan tinggi seni Yogyakarta, Anna mulai tertarik dengan kegiatan batik tulis tersebut. Anna ingin karya yang unik serta berkarakter untuk tugasnya. Batik tulis yang beredar di pasaran cenderung memiliki pola rumit, maka diputuskan obyek sederhana bertema kopi untuk desain batiknya. Selain kegemarannya meminum kopi, tema ini juga dirasa lebih dekat dengan selera anak muda saat ini. Meminum kopi sudah menjadi kebiasaan anak muda pada saat ini, Ia juga ingin menjadikan batik sebagai sesuatu yang digunakan dan dibanggakan oleh anak muda di Indonesia. Mengerjakan batik tulis sepanjang dua meter memerlukan waktu kurang lebih satu minggu. Proses ini dilakukannya sendiri. Batik tulis,dimaknai dirinya sebagai karya curahan dari hati yang dibuat dengan tangan, maka terdapat doa-doa pada hasilnya. Berbagai pencapaian pernah Anna dapatkan lewat batik tulisnya. Salah satunya, berkesempatan untuk memamerkan koleksi batik tulis miliknya di gelaran Jogja Fashion Week kala itu, Anna berharap masyarakat Indonesia, khususnya anak muda, memiliki perhatian dan minat besar pada batik. Batik juga memiliki potensi untuk bersaing di pasar dunia. Batik merupakan cerminan identitas kita sebagai masyarakat Indonesia serta terdapat cita-cita luhur nenek moyang kita. MYMAGZ - OKTOBER 2018 19


INSPIRED

WIDIE RAVITA

KEKUATAN BUDAYA DAN PEREMPUAN

20 MYMAGZ - OKTOBER 2018


INSPIRED

B

udaya jawa mengenal istilah manak, macak, masak. Istilah ini ditujukan pada perempuan bahwa kemampuan tersebut penting dimiliki oleh mereka. Istilah tersebut memiliki arti mampu mendidik anak, mampu berdandan, serta mampu memasak. Widie Ravita melihat ketiga hal tersebut sebagai kekuatan yang diturunkan dari tradisi budaya Jawa. Widie berbicara mengenai kekuatan tradisi yang dituangkan pada karya-karyanya dan pentingnya mengamalkan hal tersebut. Apa pengaruh tradisi pada karya-karya anda? Tradisi dan budaya selalu menjadi obyek yang saya gemari. Sedari kecil saya gemar menjahit kain-kain batik atau tenun milik kakek dan nenek. Kebetulan kakek saya kerap melakukan pertunjukan drama di Indramayu, maka beliau memiliki banyak koleksi kain batik. Mulai dari situ kecintaan saya terhadap hal-hal bertema tradisi, khususnya tenun dan batik, makin banyak tertuang di karya foto dan desain koleksi busana saya.

Tema apa saja yang anda angkat dalam karyakarya anda? Banyak foto saya menggunakan perempuan dalam balutan batik. Perempuan saya ilhami sebagai sosok yang kuat, sedangkan batik memiliki latar belakang budaya yang luas dalam dunia budaya Indonesia dan dunia. Apa makna tradisi bagi anda? Sebagai perempuan Jawa, saya diajari unggah ungguh atau sopan santun di rumah sedari kecil. Mulai dari sopan santun di meja makan, bertutur kata, berpakaian, dan masih banyak lagi. Hal tersebut menyadarkan saya kekuatan nilai-nilai yang diajarkan pada tradisi tersebut. Tradisi dan budaya memiliki nilai dan cita-cita luhur dari nenek moyang. Tradisi merupakan petunjuk bagi saya dalam menjawab pilihan yang muncul dalam hidup ini. Apa pesan anda bagi perempuan masa kini? Kemajuan teknologi memudahkan kita menerima berbagai informasi. Informasi tersebut datang dari berbagai dunia yang kadang berisi budaya mereka. Hal tersebut menempatkan kita sebagai masayarakat global yang tidak memiliki batasan untuk terpapar informasi tersebut. Jangan sampai lupa dengan budaya kita karena sesungguhnya identitas itu yang menjadi jati diri kita sesungguhnya. Jadilah masyarakat global yang turut menginspirasi dunia. MYMAGZ - OKTOBER 2018 21


STAYOVER

ALILA SOLO HOTEL PADUKAN TRADISI DAN DINAMIKA KOTA SOLO Solo merupakan kota di Jawa Tengah yang menyimpan segudang tradisi budaya. Kota ini menjadi peninggalan kerajaan Jawa kuno yang kini tumbuh sebagai kota modern dengan segala aktivitas ekonomi. Kedua hal ini berjalan beriringan menciptakan atmosfir berbeda diantara kota lain di Indonesia. Alila Hotel Solo, berdiri menempati gedung setinggi 30 lantai turut menjadi ikon pembangunan Solo yang kini dikenal juga ‘Spirit of Java’. Konsep hotel yang menggabunkan bisnis dan resort mampu mengakomodir kegiatan anda di Solo. 22 MYMAGZ - OKTOBER 2018

Jl. Slamet Riyadi No.562, Jajar, Laweyan, Surakarta, Jawa Tengah Tel. +62 271 6770888


STAYOVER

N

ilai-nilai budaya, hadir pada tiap sudut suite dan kamar yang berjumlah 255. Semua kamar ini menyuguhkan pemandangan kota Solo berpadu dengan gaya modern dan nuansa Jawa yang ada. Terdapat empat kamar suite yang dilengkapi dengan teras pribadi, serta kolam renang, dan akses ke executive Lounge di lantai tertinggi hotel. Kemewahan lain, juga ditawarkan Alila Solo Hotel pada The Presidential Suite seluas 200 m2. Suite jenis ini, sudah dilengkapi dengan ruang tamu dan ruang makanan dengan layanan pantry, ruang kerja, kamar mandi mewah, serta pelayanan khusus dari staf hotel selama 24 jam. Alila Solo Hotel,memiliki 14 ruang meeting serta dua ballroom untuk kebutuhan anda. Ballroom yang dibangun bersampingan ini, dapat dijadikan satu dan mampu menampung hingga 3.500 tamu. Bagi anda yang ini relaksasi atau berolahraga, komplek Largo di lantai 6, memiliki spa, gym, kolam renang, dan kids club bagi buah hati anda. Terdapat pula Epice Restaurant dengan menu terbaik serta Agra yang menempati rooftop hotel dengan racikan minuman terbaik di tengah dinamika kota Solo. MYMAGZ - OKTOBER 2018 23


STAYOVER

JAMBULUWUK MALIOBORO HOTEL Jl. Gajah Mada No.67, Purwokinanti, Pakualaman, Yogyakarta. Tel. +62 274 585655

THE JEWELS OF JAMBULUWUK Kota Yogyakarta merupakan kota sejuta warisan budaya tradisional yang sangat unik, dapat dilihat dari tempat wisatanya yang khas seperti Jalan Malioboro. Jalan Malioboro menyajikan berbagai atraksi budaya sebagai hiburan para wisatawan, tempat wisata belanja tradisional dan juga sajian kuliner khas Yogyakarta yang harus dicicipi apabila anda sedang berkunjung ke Yogyakarta. 24 MYMAGZ - OKTOBER 2018


STAYOVER

H

otel Jambuluwuk Malioboro Yogyakarta merupakan pilihan pas untuk anda yang sedang melakukan perjalanan bisnis dan wisata ke Yogyakarta dan tetap ingin merasakan sentuhan Jawa yang nyaman. Jambuluwuk Hotel Yogyakarta dirancang dengan mengusung konsep modern dan nuansa jawa yang kental. Hotel Jambuluwuk Malioboro menawarkan 144 kamar hotel yang mewah dan luas serta dirancang unik dengan harmonis. Setiap kamar didekorasi dengan warna hangat yang biasanya ditemukan dalam Batik tradisional Jawa yang menambah kehangatan dan keramahan Yogyakarta. Bertujuan mengakomodasi keperluan bisnis dan acara, Jambuluwuk Malioboro Hotel juga memiliki fasilitas pertemuan dengan Design dan konsep ruangan mengusung keunikan budaya jawa yaitu Batik. The Java Grand Ballroom menawarkan luas 600 meter persegi untuk menampung hingga 600 orang. Beberapa ruangan dapat dibagi menjadi empat ruangan kecil untuk mengakomodasi pertemuan kecil. Jambuluwuk Malioboro Hotel juga memberikan fasilitas-fasilitas lain seperti pusat kebugaran, spa, ruang pertemuan yang luas dan serbaguna, sebuah tempat bersantai dengan mengusung konsep outdor bernama Xixy House yang menawarkan pengalaman bersantap alfresco dengan view Gunung Merapi. Serta anda juga dapat mencoba minuman khas obat mujarab Jawa dan koktail di Batik Lounge. MYMAGZ - OKTOBER 2018 25


26 MYMAGZ - OKTOBER 2018


MYMAGZ - OKTOBER 2018 27


SPOTLIGHT

ESTUARY CAFÉ Gang Code 3, Karangjati Wetan, No.170 C, Jl. Monjali, RT.06/RW.45, Yogyakarta 55283 Tel. +62 821 4445 7727

LOKASI STRATEGIS UNTUK ANDA YANG DINAMIS

Y

ogyakarta semakin ramai dengan pembangunan yang gencar dilakukan oleh berbagai perusahaan. Hal ini membuat semakin banyaknya tenaga profesional yang berada di kota ini. Coffee shop kerap menjadi tempat untuk bertemu para koleganya. Estuary Coffee berlokasi di jalan A.M Sangaji, yang strategis dan dekat dengan jantung kota. Estuary dapat menjadi tempat bagi anda para professional, yang ingin bekerja sembari menikmati sajian kopi hangat di tengah aktivitas pekerjaan. Estuary memiliki arti delta sungai, yang merupakan tempat pertemuan dari cabangcabang sungai lainnya. Nama ini menjadi konsep dari Estuary sebagai meeting point dari para pengunjungnya karena lokasinya yang strategis. Coffee shop ini memiliki dua lantai dan terdapat dua ruang rapat berkapasitas 15 orang. Masuk ke coffee shop ini anda akan disambut oleh brewer di area brewing yang

28 MYMAGZ - OKTOBER 2018

berada di tengah ruangan. Meja bar besar memutari area tersebut lengkap dengan alat manual brewing serta mesin kopi. Interior Estuary dipenuhi dengan kaca, membuat sinar matahari masuk sehingga bangunan terlihat luas dan lega. Cat tembok dibiarkan tanpa finishing memberi kesan industrial yang praktis dan efisien. Pada lantai 2, terdapat dua meeting room modern lengkap dengan televisi layar datar untuk kebutuhan presentasi. Terdapat balkon untuk smoking area serta ruang indoor yang besar yang menyuguhkan city view Yogyakarta. Bagi anda penikmat kopi berbagai pilihan biji kopi nusantara bisa anda nikmati disini. Namun ada pula beberapa menu favorit pengunjung yaitu estuary smoothies, cookies and cream atau taro cookies. Estuary, memiliki kapasitas hingga 200 pengunjung dan beroprasi dari pukul 10.00 – 24.00 WIB setiap hari.


SNAPSHOT

PLATARAN AMAZING RACE @ PLATARAN HERITAGE BOROBUDUR & PLATARAN BOROBUDUR RESORT

MYMAGZ - OKTOBER 2018 29


SPOTLIGHT

SAORSA KOPI MENGHADIRKAN SUASANA RUMAH BAGI PENGUNJUNG

K

opi mungkin sering dianggap minuman universal yang dapat mempertemukan banyak orang. Begitu pula Saorsa sebagai kedai kopi yang banyak berkolaborasi dengan usaha kecil dalam bidang kerajinan maupun busana. Lokasinya strategis dekat dengan jalan Ring Road Utara yang merupakan jalan protokol kota ini. Meski berada di tengah kota, suasana kedai kopi ini jauh dari hiruk pikuk atau kebisingan kota. Kesan rumah dan tropis hadir, membuat Saorsa menjadi tempat beristirahat dari aktivitas yang padat. Saorsa dipenuhi dengan pepohonan serta berbagai tanaman yang berjejer di sepanjang jalan masuk. Teras Saorsa merupakan rumah Joglo yang asri dengan berbagai macam tumbuhan. Joglo ini merupakan smoking area dengan perabotan bergaya jawa yang senada. Masuk ke dalam ruang brewing serta dining room yang mungil, anda akan menemukan meja yang menjual kerajinan dari usaha rumahan seperti gantungan kunci, dompet,

30 MYMAGZ - OKTOBER 2018

gelang dan masih banyak lagi. Terdapat pula koleksi busana serta majalah dari penerbit independen. Atapnya dipenuhi tanaman rambat membuat terik sinar matahari masuk sayupsayup. Konsep Saorsa untuk berkolaborasi dengan berbagai pengrajin ini juga terdapat pada peralatan makan dan minum mereka. Saorsa menyediakan biji kopi dari berbagai daerah di Indonesia. Tiap minggu Saorsa menghadirkan ragam kopi baru pada variasi menu. Proses kopinya juga beragam, mulai dari siphon, v60, aeropress atau proses menggunakan mesin. Bagi anda yang tidak suka kopi, ada juga matcha atau minuman coklat. Saorsa mampu menampung hingga kurang lebih 50 pengunjung dan beroperasi mulai pukul 10.00 hingga 23.00 WIB setiap hari dan libur di hari Sabtu. Jl. Sulawesi No.16, Sinduadi, Mlati, Sleman, Yogyakarta. Tel. +62 899 1745 660


SNAPSHOT

AYO KE TOBA @ HARTONO MALL YOGYAKARTA

MYMAGZ - OKTOBER 2018 31


SPOTLIGHT

MAISON DARUMA PADUKAN KOPI DAN ARSITEKTUR JEPANG d YOGYAKARTA

B

erawal dari tempat testing bar bagi pembeli kopi bijian, tempat ini berubah menjadi café yang menawarkan ragam pilihan kopi berkualitas yang melalui pengolahan dengan alat terbaik. Maison memiliki arti rumah sedangkan Daruma diambil dari boneka Jepang yang apabila jatuh dia akan kembali lagi berdiri. Hal ini menjadi filosofi dari. Bagian belakang café merupakan laboratorium steril untuk produksi kopi kemasan dari café ini sendiri.

Café terbagi menjadi dua dining room. Bagian luar terdiri dari teras dengan taman kecil dimana pengunjung bisa menikmati kopi menggunakan kursi bean bag yang tersedia. Terdapat kaca berbentuk setengah lingkaran seperti gaya zen pada bangunan-bangunan Jepang. Pada arsitektur Jepang, jendela berbentuk lingkaran berarti hati yang lugu dan tidak memiliki prasangka. Masuk ke dalam ruangan café anda akan disambut brewer-brewer dibalik meja brewing dengan sederet alatnya. Dominasi wood panel menekankan konsep Jepang pada bangunan dari café. Hal unik dari café ini adalah bagian belakang merupakan laboraturium steril dengan mesin roasting besar terlihat dari dalam café. Anda mampu menyaksikan proses produksi kopi kemasan dari café dari mulai green bean hingga menjadi kopi kemasan. Anda juga dapat membawa green bean sendiri untuk di roasting dengan preferensi sesuai permintaan. Maison Daruma beroperasi mulai pukul 10.00 – 23.00 WIB setiap hari. Café yang dibuka sejak 21 Juli 2018 ini berkapasitas 50 pengunjung. Bagi anda yang tidak begitu suka dengan menu kopi, ada juga teh bunga telang serta kungpao chicken atau burger untuk menu makanannya. 32 MYMAGZ - OKTOBER 2018

Jl. Ipda Tut Harsono No.48 , Umbulharjo, Yogyakarta Tel. +6221 3795 3841


SNAPSHOT

BRONX O FIRE BY SOCIAL HOST @ TAP HOUSE BEER GARDEN

MYMAGZ - OKTOBER 2018 33


BITES

TUJUAN ID Jl. Tirtodipuran No.17C Mantrijeron, Yogyakarta Tel. +62 274 417577

MENGINGAT KEARIFAN LOKAL MELALUI MENU-MENU TRADISIONAL

M

engusung konsep yang berbeda, Tujuan id hadir di Kota Yogyakarta mengusung konsep kearifan lokal melalui kuliner khas Indonesia. Kuliner lokal Indonesia yang dihadirkan menjadi menu favorit yang ada di cafe ini seperti Nasi Goreng Roa, Bubur Manado dan Nasi mama selain itu minuman andalan yang disajikan seperti wedang ronde, es campur dan es dawet. Nasi Goreng Roa yang menjadi andalan memiliki cita rasa yang khas bagi para penikmat kuliner karena disajikan dengan bumbu bumbu khas Indonesia ditambah dengan ikan roa khas dari Sulawesi yang membuat rasanya gurih dan agak pedas. Selain masakan lokal Tujuan id juga menyediakan makanan dengan konsep western seperti egg benedict yaitu roti , telur dan salad serta ditambah dengan french fries bagi anda menyukai masakan western dapat mencoba menu yang satu ini.

Bagi anda yang menyukai minuman segar dan memiliki rasa khas lokal seperti es dawet, wedang ronde ataupun es campur dapat anda cicipi di Tujuan id, dan tak ketinggalan bagi anda pecinta kopi dapat mencicipi Ice Tujuan Coffee yang terdiri dari campuran susu, kopi dan krimer memiliki perpaduan yang pas untuk anda cicipi. Tujuan id buka setiap hari pukul 08.00 – 22.00 WIB, untuk hari Jumat dan sabtu tutup pukul 23.00 WIB.

34 MYMAGZ - OKTOBER 2018


SNAPSHOT

OPENING CEREMONY SLEMAN CREATIVE ART FASHION AND LIFESTYLE @ JOGJA CITY MALL

MYMAGZ - OKTOBER 2018 35


BITES

PELANGI CAFE SEMARANG Jl. Singosari Raya No.45, Pleburan, Kota Semarang, Jawa Tengah Tel. +62 248 314 772

MENCICIPI TOKUSEN TENDERLOIN STEAK

M

enikmati menu makanan dengan bahan dasar daging seringkali jadi pilihan karena sensasi mengunyah dan rasa gurih. Steak adalah salah satu olahan daging yang digemari oleh pecinta kuliner. Saat menikmati steak banyak konsumen yang takut akan lemaknya. Pelangi Cafe yang terletak di kota Semarang adalah salah satu restoran yang menyuguhkan steak tanpa lemak. Tokusen Tenderloin steak, menu ini merupakan andalan dari restoran ini. Tokusen Tenderloin steak adalah daging impor tanpa lemak yang dimasak menggunakan bumbu. Steak ini disuguhkan dengan pilihan french frice atau mash potato, saus barbeque, dan mini salad. Restauran yang berdiri sejak 1991 yang awalnya hanya menerima pesanan saja, saat ini telah berhasil menciptakan berbagai menu yang dapat dinikmati langsung di tempat. Tak hanya steak, Pelangi Cafe Semarang juga menyediakan makanan Indonesia seperti Nasi goreng bumbu terasi. Menu ini dilengkapi dengan potongan daging sapi , telur dadar suwir , kerupuk udang dan acar. Bagi anda yang ingin menikmati menu masakan barat, restoran ini meyediakan Sicilian Pizza. Pizza ini, dilengkapi oleh daging asap, sosis dan keju mozarella. Pelangi cafe memiliki konsep interior minimalis , simple , dan homey. Pelangi cafe memiliki gedung dua lantai. Restoran ini dapat menampung hingga 90 orang. Restoran ini beroperasi SeninMinggu pada pukul 07.00-23.00 WIB.

36 MYMAGZ - OKTOBER 2018


SNAPSHOT

ASIA TRI JOGJA 2018 @ OMAH PETROEK

MYMAGZ - OKTOBER 2018 37


BITES

BELLYWISE SAJIKAN BERAGAM OLAHAN DAGING

M

enikmati makanan yang memadukan cita rasa lokal dan luar negeri merupakan pengalaman seru bagi wisata kuliner kita. Bellywise bisa menjadi pilihan tepat bagi anda. Restoran yang berada di Semarang ini menyediakan berbagai menu street food dan fusion yang disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Ragam olahan daging menjadi favorit pengunjung restoran ini. Daging smoke merupakan daging yang diberi garam dan blackpepper selama 18 jam. Menariknya, Bellywise melakukan proses tersebut secara alami tanpa campuran liquid smoke atau bahan lainnya, sehingga daging-daging smoke yang dihasilkan sangat lezat. Jangan lewatkan menu BBQ Platter yang terdiri dari smoke brisket, smoke beef bacon dan chicken, serta mac and cheese. Untuk hidangan pendampingnya terdapat potato chips, salad, coleslaw, dan red onion pickled.

Bagi anda yang ingin porsi lebih kecil, Belly’s Signature burger menawarkan smoke beef bacon dan beef patty yang tak kalah lezat. Meski tidak sebanyak BBQ platter, namun ukuran burger ini merupakan yang terbesar di Semarang. Selain itu ada pula mac and cheese, smoke beef brisket, serta sunny side up egg di dalam burger berukuran besar ini. Bellywise juga memiliki hidangan nasi yaitu Spanish Rice dengan irisan daging wagyu. Nasi diolah dengan saus tomat serta bumbu pilihan, kemudian diberi irisan daging wagyu dengan tingkat kematangan yang disesuaikan dengan keinginan anda. Anda dapat menambahkan chimmicuri sauce untuk menambah kenikmatan hidangan tersebut. Bellywise buka dari pukul 10.00 – 24.00 WIB. Restoran ini terbagi menjadi ruangan indoor yang dapat menampung hingga 35 orang serta ruang outdoor dengan kapasitas kurang lebih 40 orang. Restoran yang beroperasi sejak Oktober 2017 ini dapat menjadi alternatif wisata kuliner anda di kota Semarang. Jl. Sriwijaya No.11, Tegalsari, Candisari, Semarang Tel. +62 812 2908 0705 38 MYMAGZ - OKTOBER 2018


MYMAGZ - OKTOBER 2018 39


LOOKS

CASUAL MONDAY Magnolia Rp 359.000

ceil

Rp 249.900

hush puppies Rp 1.860.000

nixon Rp 1.170.000

kickers

Rp 1.869.000

40 MYMAGZ - OKTOBER 2018


LOOKS ambrogio Rp 199.900

kent & crew Rp 499.900

moc

Rp 449.900

atverso

nixon

Rp 1.259.000

Rp 2.340.000

arrow Rp 459.000

hush puppies Rp 999.900

Collections By PARKSON DEPT. STORE HARTONO MALL YOGYAKARTA MYMAGZ - OKTOBER 2018 41


ART & CULTURE

LABUHAN MERAPI

MENGENAL KEUNIKAN TRADISI YOGYAKARTA Yogyakarta adalah sebuah kota yang memiliki banyak tradisi. Setiap tradisi yang ada di kota ini, memiliki keunikan yang berbeda-beda. Tradisitradisi yang berada di Yogyakarta juga tidak lepas dari pengaruh atau kebiasaan yang terdapat pada Keraton Yogyakarta. Labuhan Merapi merupakan sebuah upacara yang biasanya dilaksanakan pada tanggal 30 bulan Rajab. Labuhan Merapi dilakukan untuk memperingati Jumenengan Dalem (naik tahta) Sri Sultan HB X.

42 MYMAGZ - OKTOBER 2018


ART & CULTURE

B

erawal pada tahun 1755, dilakukan sehari setelah naiknya tahta pada kala itu. Namun, upacara ini sudah dijadikan acara turun temurun hingga saat ini. Acara ini juga merupakan bentuk rasa syukur dan doa bagi keselamatan raja Keraton Yogyakarta. Labuhan Merapi dianggap sebagai tanda hormat kepada Tuhan dan penghormatan untuk para leluhur Keraton Ngayogyakarto Hadiningrat. Pada upacara ini, biasanya ada beberapa benda atau peralatan yang dibawa salah satunya adalah ubo rampe. Ubo rampe merupakan benda-benda yang diarak. Ada beberapa benda yang dibawa seperti Sinjang limar, Sinjang bangun tulak, Sinjang gadhung, kain penutup mata (destar), ikat pinggang (udaraga), ses wangen (rokok), kemenyan, yatra tindih (uang) sebesar 8,33 rupiah dan beberapa benda lainnya. Bendabenda ini ditaruh dalam peti dan menggantikan peti-peti yang sudah kosong tiap acara ini dilaksanakan. Peti-peti ini diberikan kepada Bupati Sleman lalu diteruskan kepada guru kunci Merapi di Cangkringan. Acara ini biasanya diikuti oleh ratusan orang dari segala bidang mulai dari budayawan, pemerintah, dan masyarakat umum. Setelah melakukan perjalanan yang menghabiskan waktu 2 jam dan setelah selesai melakukan berbagai prosesi biasanya akan dibagikan makanan dan hasil bumi seperti kembang setaman, nasi tumpeng, dan serundeng. Menurut juru kunci acara upacara ini bukan hanya perjalan menapaki Merapi tetapi sebagai cerminan kerja keras dan pengorbanan. Upacara ini juga dianggap sebagai tradisi unik yang harus lestari.

MYMAGZ - OKTOBER 2018 43


PERSPECTIVE

UPACARA NGURAS ENCEH BUDAYA MEMBERSIHKAN DIRI DAN HATI DARI PERBUATAN KOTOR Nguras Enceh merupakan upacara adat yang dilakukan di Makam raja-raja Pajimatan. Makam raja-raja ini, terletak di daerah Imogiri, Bantul, dan Yogyakarta. Nguras memiliki arti membersihkan sedangkan Enceh berarti gentong. Tradisi membersihkan gentong ini sudah berlangsung selama ratusan tahun. Upacara tersebut dilakukan ketika Jumat Kliwon pada bulan Sura sesuai kalender Jawa. Terdapat empat enceh atau gentong yang dikuras saat upacara berlangsung. Nama-nama enceh tersebut adalah Gentong Kyai Danumaya, Kyai Danumurti, Kyai Mendung, dan Nyai Siyem. Gentong Kyai Danumaya berasal dari Kerajaan di Palembang, Kyai Danumurti dari Kerajaan Aceh, Kyai Mendung dari Kerajaan Ngerum di Turki, dan Nyai Siyem berasal dari Kerajaan Siam Thailand. 44 MYMAGZ - OKTOBER 2018


PERSPECTIVE

U

pacara dimulai dengan pembacaan doa dan salawat. Setelah itu ada prosesi bakar kemenyan oleh para juru kunci semerbak sepanjang berlangsungnya ritual. Setelah pembacaan doa, kerabat Kraton dan para abdi dalem mengalungkan untaian bunga serta peletakan sesajen pada gentong yang berada di Kompleks Makam Raja-Raja Mataram Imogiri. Ritual tersebut,diikuti dengan pengisian gentong dengan air menggunakan gayung dari batok kelapa dan tangkai bambu yang disebut siwur. Sepasang siwur dibawa melambangkan dua kerajaan yang menjadi bagian dari kerajaan Mataram Islam yaitu Keraton Kasunanan Surakarta dan Keraton Kasultanan Yogyakarta. Rombongan pembawa siwur kemudian berjalan menuju gentong yang pada malam sebelumnya sudah melalui ritual pembersihan yang merupakan pengurasan air gentong yang disebut Ngarak Siwur. Para abdi dalem,berpangkat Tumenggung atau Ngabehi mengisi air gentong yang kemudian dibantu oleh warga. Warga kemudian diperbolehkan meminta air yang dianggap membawa berkah tersebut setelah air pada keempat gentong terisi penuh. Acara Nguras Enceh rutin dilakukan semenjak peninggalan Sultan Agung Hanyakrakusuma. Sultan Agung Hanyakrakusuma adalah raja yang sangat disegani. Pada masa kepemimpinannya, hubungan diplomatik dengan kerajaankerajaan di luar pulau Jawa terjalin dengan baik. Gentong-gentong tersebut merupakan penghormatan pada kerajaan-kerajaan yang memiliki hubungan diplomatik dengan Kerajaan Mataram Islam pada masa itu. Tradisi ini dimaknai pula sebagai upaya membersihkan diri dari dari berbagai hal kotor.

MYMAGZ - OKTOBER 2018 45


DEVICE

SLOWLY

Slowly menawarkan media sosial yang berbeda untuk anda. Kejenuhan Kevin Wong selaku penciptanya pada media sosial membuat dia menciptakan platform sosial ini. Slowly tidak memunculkan foto dan satu-satunya impresi yang anda terima dan berikan melalui tulisan. Tulisan ini perlu anda buat sungguh agar pengguna lain tertarik dengan profil anda. Setelah selesai dengan profil anda, waktunya berkirim surat dengan pengguna lain yang dipilih oleh aplikasi ini. Tunggu balasan surat anda dan anda akan diberi hadia berupa prangko dari negara lain yang membalas surat tersebut.

MOOVIT

MAPIFY

Berpergian dengan transportasi umum merupakan langkah yang hemat dan cepat. Namun, terkadang ada kesulitan dalam menentukan rute yang dilalui kendaraan tersebut dengan destinasi anda. Moovit merupakan aplikasi yang dapat membantu anda dalam berpergian dengan kendaraan umum. Anda hanya perlu memasukan titik mulai dan destinasi lalu Moovit memberikan kalkulasi berupa pilihan moda transportasi serta waktu tempuh dari masing-masing pilihan tersebut. Moovit sudah digunakan di 2.500 kota dari 82 negara sehingga berguna pula untuk perjalanan liburan.

Ketika anda sedang berjelajah di sosial media lalu menemukan foto menarik dengan pemandangan yang menakjubkan, tentu akan membuat anda bertanya-tanya lokasi foto tersebut diambil. Mapify merupakan aplikasi yang dapat membantu anda mengetahui lokasi dari foto tersebut. Mapify merupakan wadah bagi para traveler di seluruh dunia untuk berbagi foto dan cerita dari destinasi wisata mereka. Anda juga bisa melihat rute yang mereka lalui hingga titik-titik hotspot yang mereka kunjungi.

46 MYMAGZ - OKTOBER 2018


CLIPS

VENOM Sejak kemunculan trailernya di pertengahan tahun, Venom sudah ditunggu-tunggu oleh banyak penikmat film Marvel. Musuh bebuyutan dari Spiderman ini dapat anda saksikan di bioskop kesayangan anda. Venom merupakan seorang manusia dibalik tubuh monsternya tersebut. Manusia ini adalah jurnalis, Eddie Brock yang tengah menyelidiki rahasia Carlton Drake, pengusaha yang terlibat dengan sejumlah kasus kriminal. Dua aktor asal Inggris, Tom Hardy dan Riz Ahmed akan berduel dalam film ini. Tom, dikenal oleh beberapa film seperti, Inception, Layer Cake dan Revenant, yang membuatnya meraih nominasi di ajang Oscar.

A SPARK OF LIGHT - JODI PICOULT Jodi Picoult kembali dengan buku terbarunya yang bercerita tentang kasus penyanderaan dalam sebuah klinik ibu dan anak. Seorang negosiator dari kepolisian, Hugh McElroy, ditugaskan pada perisitiwa ini. Tak lama kemudian putrinya Wren, mengirim pesan lewat telpon genggam bahwa dirinya menjadi salah satu sandera di dalam klinik tersebut. Sandera lainnya merupakan seorang suster yang berusaha tegar untuk menyelamatkan perempuan terluka, aktivis anti aborsi yang menyamar sebagai pasien, perempuan muda yang akan melakukan aborsi serta dokter yang beriman pada tugasnya untuk menyelamatkan nyawa manusia. Buku ini mencoba untuk mengangkat isu aborsi dalam narasi yang mengagumkan.

TWENTY ONE PILOTS - TRENCH Duo musik asal Amerika,Twenty One Pilots, kembali dengan album baru berjudul Trench. Sebelumnya pada bulan Juli Twenty One Pilots merilis single pada album ini yang berjudul Jumpsuit dan Nico and The Niners. Album ke-5 dari Tyler Joseph dan Josh Dun akan berisi 14 lagu yang bertema penyakit mental dibungkus dalam alegori syairnya. Seperti pada album-album sebelumnya, musik Twenty One Pilots memiliki ciri khas dan selalu tampil beda dari musik-musik tangga lagu yang beredar. MYMAGZ - OKTOBER 2018 47


WHAT'S ON

Komunitas Djokjakarta 1945 MERAWAT KEMBALI INGATAN KITA

K

emerdekaan Indonesia yang kita rasakan sekarang merupakan hasil dari perjuangan dari para leluhur bangsa.Komunitas Djokjakarta 1945 mengajak kita merawat ingatan untuk peristiwaperistiwa bersejarah tersebut. Komunitas yang diprakarsai oleh Eko Isdianto ini bergerak dalam hal edukasi sejarah melalui beberapa program menarik. Salah satu programnya adalah kegiatan teatrikal untuk memperingati hari bersejarah Indonesia. Berawal dari pertemuan para anggota yang gemar dengan hal-hal bertema perjuangan serta militer, akhirnya Komunitas Djokjakarta 1945 lahir pada tanggal 24 November 2013. Komunitas Djokjakarta 1945 memiliki kurang lebih 120 anggota dan telah memiliki kerjasama dengan beberapa institusi dalam menyelenggarakan beberapa program komunitas. Program-program tersebut diantaranya workshop dan teatrikal yang dilakukan ke sekolah-sekolah, kegiatan merti musem dan monumen, seminar dan bedah buku, serta kegiatan teatrikal yang merupakan program tertua dari komunitas ini. Workshop dan teatrikal merupakan program yang baru dijalankan pada tahun ini. Workshop ini memberi pemahaman mengenai sejarah terlebih dahulu sebelum murid kemudian dibagi untuk melakukan lomba teatrikal dan menggambar dari hasil workshop. Program merti museum dan monument merupakan kegiatan perawatan dari lokasi-lokasi bersejarah. Salah satu museum yang pernah menjadi lokasi program ini merupakan museum Dirgantara Mandala Jogja. Kegiatan teatrikal yang dilakukan komunitas ini biasa dilakukan untuk memperingati hari-hari bersejarah Indonesia seperti, Serangan Umum 1 Maret, Serangan Ambarawa, Palagan Kotabaru, dan masih banyak lagi. Uniknya, semua kegiatan ini dilakukan di lokasi kejadian yang sebenarnya dan menggunakan senjata tempur asli yang digunakan pada masa itu. Mereka bahkan menyewa kendaraan tempur seperti tank dan menerbangkan pesawat di lokasi teatrikal untuk kegiatan ini. Komunitas Djokjakarta 1945 terbuka bagi anda yang ingin bergabung untuk terlibat dalam pertunjukan teatrikal mereka yang seru atau memiliki kegemaran terhadap sejarah bangsa ini.

48 MYMAGZ - OKTOBER 2018


FASHION SHOW CAKRAWALA JAWA DWIPA @ BW JOGJA

MYMAGZ - OKTOBER 2018 49


SNAPSHOT

JOGJA INTERNATIONAL STREET PERFOMANCE 2018 @ LAP. PANCASILA GRAHA SABHA PRAMANA UGM

50 MYMAGZ - OKTOBER 2018


HOTEL YOGYAKARTA MARRIOTT HOTEL Berlokasi di kawasan strategis, Yogyakarta Marriot Hotel menawarkan kemewahan dalam berbisnis sekaligus liburan. www.marriot.com Jl. Ringroad Utara, Condong Catur, Yogyakarta 55283 Tel. +62 274 6000 888

HYATT REGENCY YOGYAKARTA Suasana dan lokasinya yang terletak di sebelah utara kota Yogyakarta, menawarkan ketenangan dan pemandangan indah dari Gunung Merapi. www.yogyakarta.regency.hyatt.com Jl. Palagan Tentara Pelajar, Yogyakarta Tel. +62 274 869123

ALILA SOLO Alila Solo menawarkan tempat tinggal yang tak tertandingi serta akses dengan berbagai pemandangan alam, budaya dan potensi bisnis Jawa Tengah. www.alilahotels.com Jl. Slamet Riyadi No. 562, Solo, Java Tel. +62 271 6770888

INNSIDE BY MELIA Dengan menggabungkan konsep bisnis dan leisure, Innside by Melia hadir di Yogyakarta dengan konsep design yang fresh, modern, dan stylish. Menawarkan 242 kamar dengan 4 kategori, yakni Innside Studio, Innside Premium, Inside Loft, dan Innside Lifestyle. www.melia.com Jl. Ringroad utara, Maguwoharjo, Selaman, Yogyakarta Tel. +62 274 6008888

SWISS-BELHOTEL YOGYAKARTA Berada tepat di tengah kota, strategis di jalur bisnis dan wisata. SwissBelhotel Yogyakarta menawarkan 121 kamar, mengadaptasi nuansa post-modern dan Jawa yang kental di setiap detailnya. Memiliki fasilitas 8 meeting room, spa & gym, rooftop bar dan infinity pool di puncak tertinggi. gym, swiss-belhotel.com Jl. Jend. Sudirman No. 69, Yogyakarta Tel. +62 274 292 1888

MYMAGZ - OKTOBER 2018 51


HOTEL LAFAYETTE BOUTIQUE HOTEL YOGYAKARTA Dengan sentuhan Eropa klasik dipadukan suasana romantis di setiap sudutnya, Lafayette Boutique Hotel, menjadi pilihan akomodasi di wilayah potensi bisnis Yogyakarta. www.lafayettehotel-yogyakarta.com Jalan Padjajaran Ring Road Utara No. 409 Yogyakarta Tel. (0274) 2924777

JAMBULUWUK MALIOBORO Hotel 144 rooms bintang 4 yang memadukan unsur modernitas dan keramahan budaya lokal dalam setiap detail interior dan pelayanannya. www.jambuluwuk.com Jl. Gajah Mada 67, Yogyakarta Tel. +62 274 585655

HARPER MANGKUBUMI YOGYAKARTA Hadir dengan sentuhan desain pedesaan yang dipadukan dengan suasana modern kontemporer dan warna-warna khas musim gugur, Harper Mangkubumi Yogyakarta memiliki lokasi yang strategis dan dekat jantung kota Yogyakarta. www.harperhotels.com Jl. Mangkubumi No 52 Yogyakarta Tel. +62 274 2920008

KJ HOTEL YOGYAKARTA Terletak strategis dikawasan turis, Prawirotaman Yogyakarta, hotel bintang 4 ini menawarkan wisata bersejarah seperti Keraton, Kota Gede, Taman Sari, Malioboro serta Pasar Beringharjo yang dapat ditempuh dengan semua transportasi publik maupun hanya dengan berjalan kaki. www.kjhoteljogja.com Jl. Parangtritis No 120 Mantrijeron Yogyakarta Tel. +62 274 2872 777

GRAND ARTOS HOTEL & CONVENTION MAGELANG Hotel bintang 4 yang menjadi landmark Magelang ini memberikan fasilitas yang lengkap. Terletak di lokasi strategis jalur utama dan mengusung konsep ramah lingkungan, Grand Artos Hotel terkoneksi langsung dengan Artos Mall. www.grandartoshotel.com Jl. Mayjen. Bambang Sugeng No.1 Magelang, Jawa Tengah Tel. +62 293 3218888 52 MYMAGZ - OKTOBER 2018


RESTAURANT, CAFE & BAR AGRA ROOFTOP & BAR Berada di lantai 29 Hotel Alila Solo, Agra Rooftop & Bar memiliki konsep rooftop bar dan panoramic stylish lounge yang terdiri dari 2 ruangan yaitu indoor dan outdoor. Selain itu, saat cuaca cerah anda dapat menikmati sunset di Agra Executive Lounge dengan latar belakang sungai dan gunung di Solo. www.alilahotels.com Jl. Slamet Riyadi No. 562 Solo Surakarta Tel. +62 271 677 0888

CASA MIA PIZZA & PASTA RESTAURANTS Terletak di pusat kota, tepatnya di lantai dasar hotel bintang 4 Novotel Yogyakarta, Restoran Italia ini mengusung konsep ruang terbuka yang nyaman dengan unsur tropical pool sembari menikmati beragam menu pasta dan pizza a la Italia yang siap memanjakan lidah anda. NOVOTEL YOGYAKARTA Jl. Jend. Sudirman No. 89 Yogyakarta Tel. +62 274 580 930

D’SKY BAR LOUNGE D Sky Bar merupakan sky lounge roof top pertama di Yogyakarta yang dapat anda pilih sebagai tempat untuk menikmati keromantisan matahari terbenam. Berada di lantai 7, Ibis Styles Hotel Yogyakarta, D’Sky Bar memiliki 3 sudut menarik untuk para pengunjung, antara lain area sofa yang berdekatan dengan bar, area poolside yang paling pas untuk menikmati sunset, dan amphitheater untuk menonton DJ atau live performance music. Jl. Dagen No. 109 Yogyakarta Tel. +62 274 588 889

CIAO POINT Berlokasi di area strategi Yogyakarta, Ciao Point menawarkan gelato asli dari negeri asalnya. Dengan konsep industrialis, anda akan mendapatkan nuansa Italia yang kental dari berbagai ornamen yang disuguhkan. Selain menawarkan 40 macam rasa gelato yang segar, Ciao Point juga memberikan pilihan pasta dan pizza untuk anda. Jl. Affandi (Gejayan) No. 7 Yogyakarta Tel. +62 274 545 505

SUA COFFEE

Sesuai dengan namanya, SUA Coffee ingin menjadi tempat untuk bersua bersama kerabat, ditemani obrolan hangat dan menikmati secangkir kopi. Buka tiap hari pukul 11.00-24.00 WIB. Jl. Kenari No 6A Demangan Baru, Yogyakarta Tel. +62 274 2921350

MYMAGZ - OKTOBER 2018 53


TOURISM KRATON YOGYAKARTA Rasakan kentalnya budaya dan sejarah Kraton. Kraton Yogyakarta merupakan tempat yang wajib dikunjungi saat berlibur di Yogyakarta. Kraton Yogyakarta, Jl. Rotowijayan 1 Yogyakarta Tel. +62 274 374500

KRATON SURAKARTA Keraton Surakarta adalah tempat wisata di Solo yang menjadi primadona di kota Solo. Di Kraton, wisatawan bisa berkeliling menikmati koleksi benda kuno di museum dan berfoto dengan prajurit Penjaga Kraton Surakarta. Kelurahan Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo

CANDI BROBUDUR Candi terbesar yang merupakan peninggalan sejarah dan tercatat sebagai UNESCO World Heritage. Magelang, Jawa Tengah

TAMAN PINTAR Pernah terbayang ada parabola yang bisa berbisik? Atau dinding yang bisa berdendang? Semuanya ada di Taman Pintar. Jl. Panembahan Senopati 1-3, Yogyakarta, Tel. (+62 274 583 713, 583 631

RAMAYANA BALLET CANDI PRAMBANAN Nikmati cerita Ramayana di pentas terbuka dengan latar Candi Prambanan yang megah pada malam hari. Jl. Raya Yogya Solo Km. 16 Prambanan, Yogyakarta Tel. +62 274 496402 54 MYMAGZ - OKTOBER 2018


ESSENTIAL EMERGENCY NUMBERS POLISI: 110 AMBULANS : 118 PEMADAM KEBAKARAN : 113 EMERGENCY : 112 PMI : +62 274 379212 JIH EMERGENCY : +62 274 4463555 MEDICAL & PHARMACY RS. SILOAM YOGYAKARTA Jl. Laksda Adisucipto No. 32-34 Yogyakarta Tel. +62 274 4600900 JOGJA INTERNATIONAL HOSPITAL Jl. Ring Road Utara No. 160 Condong Catur, Sleman Yogyakarta Tel. +62 274 4463535 RS. PANTI RAPIH Jl. Cik Ditiro No.30 Yogyakarta Tel. +62 274 514845 RS. BETHESDA Jl. Jend. Sudirman 70 Yogyakarta Tel. +62 274 586688

TRANSPORTATION ASA TAXI +62 274 545545 CENTRIS TAXI +62 274 7111111 +62 274 4362221 PATAGA TAXI +62 274 384384 +62 274 371725 ALIF TRANSPORT Jl. Kaliurang km 5,2 Karang Wuni D 3.A Yogyakarta Tel. +62 274 7434961 ANNISA TRANSPORT Jl. Wahid Hasim, Yogyakarta Tel. +62 274 7441405 CAHAYA TRANSPORT Jl. Tohpati 64 Yogyakarta Tel. +62 274 7485807 OLIVIA PRATAMA Jl. AM Sangaji 68 Yogyakarta Tel. +62 274 7163092

AIRLINES AIRASIA Melia Purosani Hotel, Jl. Suryotomo No. 3 Tel. +62 274 557337 GARUDA INDONESIA Hotel Inna Garuda, Jl. Malioboro no 60 Tel. +62 274 558470 Fax. +62 274 558489 LION AIR Bandara Adi Sucipto Tel. +62 274 7831919/ +62 274 7872929 Fax. +62 274 487850/ +62 274 487883 SRIWIJAYA AIR Jl. Sultan Agung No. 54 Wirogunan, Mergangsan Tel. +62 274 414777 Fax. +62 274 414700

$

MONEY CHANGER

PT BARUMUN ABADI Alamat: Natour Garuda Jl. Malioboro 60 Yogyakarta Tel. +62 274 563314 PT. DOLLAR CENTER Jl. Pasar Kembang 85 - 88 Tel. +62 274 587648 MARGA VALAS Jl. Laksda Adisucipto Km. 5 Tel. +62 274 582251

MYMAGZ - OKTOBER 2018 55


YOGYAKARTA HOTELS GRAND ASTON THE 101 YOGYAKARTA TUGU H BOUTIQUE HOTEL HARPER MANGKUBUMI

DE LAXSTON HOTEL

HOUSE OF BALCONY

DUNKIN DONUTS

NEO MALIOBORO

DIXIE

KAFE COKLAT

THE GROVE EXPRESS HOTEL

MEDITERRANEA

EPIC COFFEE

BILIK KAYU HERITAGE

NOX COFFEE

LOKALOKA BISTRO

LAGANI & CO.

VIA VIA

THE HARVEST PATISSIER & CHOCOLATIER

OMAH KECEBONG

NEO+ AWANA

YELLOW STAR AMBARUKMO

GRAGE RAMAYANA HOTEL

YELLOW STAR GEJAYAN

AGLIO LIO

GRAGE JOGJA HOTEL

ADHISTANA HOTEL

R&B GRILL

HYATT REGENCY

GREENHOST

NANAMIA PIZZERIA

THE PHOENIX HOTEL

GRAND ZURI HOTEL

IL MONDO PIZZA

ROYAL AMBARRUKMO YOGYAKARTA

POP HOTEL GANDEKAN

TICKLES RESTAURANT

CAVINTON HOTEL

ESCO RESTAURANT

CUBIC KITCHEN & BAR

CANTING RESTAURANT

X CAFE

GQ HOTEL

HORISON HOTEL YOGYAKARTA

JAMBULUWUK HOTEL

PLATARAN BOROBUDUR

MARY ANNE ICE CREAM AND RESTO

SANTIKA PREMIERE

ATRIA HOTEL

ABHAYAGIRI RESTAURANT

JOGJAKARTA PLAZA HOTEL

GRAND ARTOS

PARSLEY BAKERY

GRAND TJOKRO HOTEL

KJ HOTEL

SUSHI TEI

HOTEL TENTREM

INNSIDE BY MELIA

AFTER NINE 9

PURI ARTHA HOTEL

GRAND AMBARRUKMO

HONJE RESTO

SHERATON MUSTIKA

ARTOTEL

MY KOPI O!

IBIS STYLES HOTEL

FORRIZ HOTEL

ILPOZZO RISTORANTE

IBIS MALIOBORO

YATS COLONY

CAFE

INNA GARUDA

LAFAYETTE

DAFAM FORTUNA

GAIA COSMO

STARBUCKS Plaza Ambarrukmo Jogja City Mall

NOVOTEL

CUBE

KILLINEY COFFEE SHOP

MELIA PUROSANI

ASANA GROVE

CHEZ MOI PATTISERIE

RESTAURANT

INDIECOLOGY

LOKAL RESTAURANT

LEGEND COFFEE &PREMIUM

EASTPARC HOTEL

HOTEL MERAPI MERBABU CRYSTAL LOTUS SAMBI RESORT THE ALANA HOTEL SWISS-BELHOTEL YOGYAKARTA

ROASTER AND BEAR GENDHIS RESTO

ARTEMY GELATO ICE CREAM

MYOOZIK

BLV SWEETS & DELI

56 MYMAGZ - OKTOBER 2018

AWOR GALLERY & COFFEE SUA COFFEE CINEMA BAKERY COFFEE NO 27

TAJ INDIA FILOSOFI KOPI HAYATI NOE COFFEE & KITCHEN SILOL CAFE BRICK STARBUCK Harono Mall Uttara CIAO THE CABIN COFFEE & BAR EKOLOGI KOPI TUBRUK

SKINCARE, SALON & SPA HEMA SALON DAY SPA JOGJA HOUSE OF BEAUTY NATASHA SKINCARE ALING


DISTRIBUTION POINTS MIRACLE AESTHETIC NAVA GREEN SKINCARE RIVINNI SALON CHANDRA GUPTA JHONNY ANDREAN

OTHERS OUTLETPIA BAKPIAPIA

THE SUNAN HOTEL SALA VIEW HOTEL GRAND ORCHID ROEMAHKOE HERITAGE HOTEL OMAH SINTEN HERITAGE HOTEL

IFI LIP

DE SOLO BOUTIQUE HOTEL POSE IN

LIPPO PLAZA JOGJA

LORIN SOLO HOTEL

TOURISM INFORMATION CENTRE

D'WANGSA HAP

HOUSE OF BEER

YELLOW TRUCK COFFEE BEER GARDEN O SOLO MIO

SOGA RESTO & LOUNGE

THE TAVERN

OMAH LONDO

S2

MOM MILK MANAHAN

TOKO OEN

RALANA EATERY

VALLE PIZZA RESTO

GOELA KLAPA

SAKAPATATGARDEN & RESTO

HYPER BOX

RIYADI PALACE

OTHERS

HELLO F-KTV

SAHID JAYA

YOGYATOURIUM

RUMAH TURI

DINAS PARAWISATA SURAKARTA

PLAZA AMBARRUKMO

ALANA SOLO

GALERIA MALL

SWISS BELLINN SARIPETOJO

HARTONO MALL SILOAM HOSPITAL

SOLO HOTELS ALILA SOLO THE ROYAL SURAKARTA HERITAGE SOLO PARAGON NOVOTEL SOLO IBIS SOLO BEST WESTERN PREMIER FAVE SOLO BARU

ASTON SOLO HOTEL MEGALAND RUMAH BATU VILLA & SPA GRIYA BUMBU POP! SOLO

CAFE & RESTAURANT

LAZY COW

NESCOLOGY E-PLAZA NEST’CO THE BISTRO STARBUCKS

SEMARANG

RUSTICO PEACOKOFFIE CARNIVOR

HOTELS

MY KOPI-O

CROWNE PLAZA

HARVEST

NOORMANS

SPIEGEL

NOVOTEL HOTEL

MET DUCK

ASTON HOTEL

GOODFELLAS

GUMAYA HOTEL

HOME CAFE & RESTO

HOLIDAY INN EXPRESS

SAFFRON RESTO

GRAND CANDI

ZEPPELIN CAFE

HOTEL SANTIKA PREMIER

CAFE 3 TJERET

@HOM HOTEL

WEDANGAN RUMAH NENEK

HORISON HOTEL

STARBUCKS THE PARK MALL SOLO RADIO

DAFAM SEMARANG

CAFE & RESTAURANT

HOTEL INDAH PALACE

RADIO Q

ALL STAY HOTEL SEMARANG

SOCIAL KITCHEN

HAPPY PUPPY

SWARAGAMA FM

IBIS BUDGET SEMARANG

LIBERICA

BASILIA EDEN INTERNATIONAL DAILY FOOD PESTA KEBUN THE HARVEST PATISSIER & CHOCOLATIER

STAR HOTEL IBIS HOTEL LOUIS KIENNE GRAND EDGE HOTEL

MYMAGZ - OKTOBER 2018 57


58 MYMAGZ - OKTOBER 2018


MYMAGZ - OKTOBER 2018 59


60 MYMAGZ - OKTOBER 2018

MYMAGZ OKTOBER 2018  
MYMAGZ OKTOBER 2018  
Advertisement