E-BOOKLET PARIWISATA PAGARALAM

Page 1

Explore

PAGAR ALAM


WELCOME

to Pagar Alam


BEAUTY of South Sumatra


Asssalamualaikum warahmatullahhi wabarokatuh, Salam Pesona Indonesia Kota Pagar Alam merupakan Daerah Tujuan Wisata andalan di Provinsi Sumatera Selatan dan termasuk sebagai salah satu Kawasan Strategis Pengembangan Pariwisata Nasional (KSPN) yang kaya akan keindahan alam dan budayanya. Hal ini terlihat dari keindahan pemandangan di kaki Gunung Dempo (3159 mdpl) dengan hamparan perkebunan teh yang menakjubkan dan dikelilingi 50 (lima puluh) air terjun serta peninggalan sejarah Megalithikum yang tersebar di seluruh wilayah Kota pagar Alam. Dengan keindahan alam dan budayanya membuat Kota Pagar Alam banyak dikunjungi wisatawan yang datang dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara. Seiring dengan perkembangan pasar wisata kami menawarkan berbagai kenyamanan kepada wisatawan yang dipadukan dengan indahnya bentang alam, peninggalan sejarah dan kearifan budaya lokal. Kami yakin dengan komitmen yang kuat anatara pemerintah, mitra pariwisata dan masyarakat, Kota Pagar Alam mampu menarik minat wisatawan nusantara dan mancanegara untuk berwisata ke Kota Pagar Alam. Kami siap menyambut kedatangan anda dengan segala keramahtamahan yang didukung oleh keindahan alam dan keasrian budaya kami. Selamat datang di Kota Pagar Alam


1

Tentang Pagar Alam

2

Daya Tarik Wisata

3

Kuliner

4

Akomodasi

5

Alamat Penting


Kota Pagar Alam merupakan Daerah Tujuan Wisata andalan di Propinsi Sumartera Selatan dan termasuk sebagai salah satu Kawasan Strategis Pengembangan Pariwisata Nasional (KSPN) yang kaya akan keindahan alam dan budayanya. Hal ini terlihat dari keindahan pemandangan di kaki Gunung Dempo (3159 mdpl) dengan hamparan perkebunan teh yang menakjubkan dan dikelilingi 50 (lima puluh) air terjun serta peninggalan sejarah Megalithikum yang tersebar di seluruh wliayah Kota pagar Alam. dari berbagai daerah di indonesia dan mancanegara.

1

Kota Pagar Alam memiliki luas 633,66 Km² dengan jumlah penduduk 132.498 orang, kota ini dapat ditempuh melalui perjalanan darat dari Kota Palembang (ibukota Propinsi Sumatera selatan) selama 6 Jam dan dari kota bengkulu 4 jam,serta dari kota lubuk linggau 3 jam. Untuk menuju kota ini tersedia fasilitas transportasi berupa bus dan travel serta penerbangan dengan rute pagar alampalembang dan palembang - pagar alam setiap hari dengan maskapai penerbangan nasional.


Bandara ini terletak di kelurahan Atung Bungsu kecamatan Dempo Selatan kota Pagar Alam, dapat dengan jarak tempuh 35 menit dari pusat kota Pagar Alam dan telah tersedia angkutan umum. Bandara ini menyediakan rute penerbangan Pagar Alam - Palembang dan Palembang - Pagar Alam setiap hari.

2


3


01

KAWASAN WISATA GUNUNG DEMPO Gunung Dempo memiliki ketinggian sekitar 3.159 mdpl dan merupakan gunung tertinggi di Sumatera Selatan. Daya tarik Gunung Dempo berupa bentang alam dengan pemandangan yang sangat indah, segar dan bebas polusi. Keindahan alam ini didukung dengan kawah yang masih bergejolak berdiameter sekitar 100 meter persegi dan warna air kawah yang bisa berubah–ubah, kadang berwarna putih, abu-abu, biru dan hijau. Hal lain yang menambah keindahan Gunung Dempo adalah hamparan perkebunan teh yang menghijau berumur sekitar 200 tahun.

Dikawasan gunung dempo terdapat beberapa daya tarik wisata yang mendukung kawasan gunung dempo sebagai daya tarik wisata utama Kota Pagar Alam. Adapun Daya Tarik wisata yang terletak dikawasan wisata gunung dempo antara lain; Tugu rimau, Tangga 2001, Dempo Magnet, Perkebunan & Pabrik Teh, Dempo Selfie, Puncak Dempo 3159 mdpl, Agro Wisata Salak, Kampung IV, Agro Wisata Strawberry, dan Penangkaran Rusa

4


Tugu Rimau berada di wilayah kecamatan Pagar Alam Selatan, berjarak sekitar 25 KM dari pusat kota dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Tugu ini berwujud seekor harimau sumatera yang sedang berpakaian adat yang membawa obor.

5

Tugu Rimau menjadi salah satu lokasi wisata sejak dilaksanakannya PON pada tahun 2004 di Sumatera Selatan, lokasi ini salah satu venue dari olah raga yang dilombakan, yaitu paralayang. Ketinggian Tugu Rimau ini sekitar 1839 MDPL, mempunyai bentang pemandangan yang sangat luas. Pada ketinggian ini kadang–kadang suhu udara bisa mencapai belasan derajat celcius.


Sesuai dengan namanya, objek wisata Tangga 2001 mengambil nama dari tahun berdirinya Kota Pagar Alam pada Tahun 2001. Daya Tarik Wisata (DTW) ini memiliki panorama menakjubkan karena keberadaannya yang membelah hamparan perkebunan teh dengan latar belakang Gunung Dempo yang menjulang tinggi.

Selain memiliki pemandang an alam yang luar biasa indah, DTW ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang yang komprehensif sehingga para wisatawan dapat semakin betah berada disini.

6


KAWASAN

Dempo Magnet merupakan sebuah DTW yang terbilang unik. Disini, wisatawan diajak menikmati sebuah atraksi wisata yang terjadi dari sebuah keajaiban alam. Wisatawan akan merasakan sensasi magnetis ketika mesin kendaraan dimatikan diareal ini.

7

Kendaraan yang mati tersebut secara otomatis akan bergerak maju menaiki dataran yang lebih tinggi seolah-olah ada kekuatan magnet yang menarik kendaraan pengunjung. Lokasi DTW ini terletak di kaki Gunung Dempo dengan akses yang relatif mudah ditempuh.


Selain keindahan alam Gunung Dempo, Kebun Teh yang sudah ada sejak masa penjajahan ini juga menarik untuk kita kunjungi. Teh Gunung Dempo dikenal dengan wanginya serta rasa tehnya yang kuat. Kualitas teh gunung sudah cukup dikenal di manca Negara. Bila ke Pagar Alam sempatkanlah untuk minum hangatnya teh pagar alam dan membeli teh celup asli Kota Pagar Alam sebagai oleholeh. Pabrik pengolahan teh ini dibangun pada tahun 1929. Daya Tarik Wisata ini menerapkan konsep wisata edukasi dan agronomi yang memungkinkan anda untuk dapat menyaksikan proses pengolahan teh secara langsung. Pengunjung diharapkan dapat menikmati kegiatan wisatanya sambil belajar bagaimana mengolah daun teh sampai menjadi produk jadi. Suasana iklim pegunungan yang sejuk didukung oleh pemandangan alam yang indah akan membuat pengunjung betah berdiam diri di sini.

8


Saat ini di Kota Pagar Alam, tepatnya disalah satu titik dikawasan Gunung Dempo terdapat satu tikungan yang berlatar belakang pemandangan yang sangat indah untuk dijadikan spot swafoto. Dikenal dengan nama “Dempo Selfie�. Tidak hanya menarik bagi masyarakat lokal, wisatawan dari luar Kota Pagar Alam pun tidak pernah melewatkan spot swafoto ini

9


Gunung Dempo yang merupakan bagian dari deret indah Bukit Barisan juga menawarkan keindahan kawah dempo bagi para pendaki. Ada keunikan tersendiri dari kawah ini, dalam keadaan tertentu warna kawah biasanya berubahubah seperti abu-abu, hijau dan biru

10


Selain kopi dan teh Pagar Alam juga kaya akan kebun salah. Salak bisa dijadikan oleh-oleh bagi siapapun yang datang ke pagar alam. Pagar Alam merupakan wilayah yang cukup baik untuk pertumbuhan tanaman salak. Salak, saat ini telah menjadi primadona di Kota Pagar Alam. Kebun Salak juga terdapat di Kawasan Gunung Dempo dengan akses yang mudah dicapai.

11


Kampung 4 merupakan salah satu perkampungan yang terletak di kawasan Gunung Dempo, kampung ini merupakan salah satu titik masuk bagi pendaki yang akan melakukan pendakian ke puncak gunung dempo. Jalur pendakian ini dapat ditempuh 6-8 jam. Dikampung 4 juga terdapat camping ground yang memiliki pemandangan alam hamparan keindahan perkebun teh yang didukung oleh berbagai macam jenis flora khas pegunungan dan udara yang bebas polusi. Selain itu diperkampungan ini juga terdapat rumah-rumah karyawan perkebunan yang difungsikan sebagai homestay yang terletak diketinggian 1575 mdpl.

12


Agro Wisata Kebun Strawberry membawa cerita lain di wajah wisata Kota Pagar Alam. Sebagian kita tahu bahwa strawberry sudah sangat dikenal di Kota Bandung atau pun kota-kota lain di Indonesia yang mempunyai suhu dan kelembaban yang cukup tinggi. 13

Setelah berhasil dengan budidaya salaknya, Strawberry pun tak luput jadi incaran oleholeh para wisatawan yang datang dan berkunjung ke Pagar Alam. Kebun Strawberry juga terdapat di Kawasan Gunung Dempo dengan akses yang mudah dicapai.


Saat ini Kota Pagar Alam memiliki tempat penangkaran rusa yang biasa dikunjungi pada hari-hari libur. Tidak hanya penduduk Kota Pagar Alam, terkadang pengunjung Vila Gunung Gare yang kebetulan menginap juga sering sekali datang ke penangkaran ini. Umumnya para pengunjung yang datang ke penangkaran rusa ini adalah tipikal keluarga.

14


Ada banyak hal yang dapat dilakukan selama kita berada di Pagar Alam, terutama apabila kita berada di kawasan Gunung Dempo. Kita dapat berkeliling di kawasan Gunung Dempo menggunakan sepeda, selain itu kita juga dapat mencoba paralayang di kawasan Gunung Dempo dan Tangga 2001. Di kawasan ini juga sering digunakan sebagai Camping Ground, Off-Road, dan motor trail. 15


PAGAR ALAM Beauty of South Sumatra


02

17


kawah dempo Destinasi Wisata Tangga 2001

kedai kopi asmara Jl. Gunung Dempo

+6281279814189 082179841595

daw café resto Jl. Gunung gare 081215901595

kedai nongkrong Jl. Alun2 utara kota pagar Alam

jagad besemah

otoy coffee Jl. Kapten Sanap Depan Bank Sumsel Babel 081272906666

d’ light café resto

Jl. Soeprapto Nendagung

Hotel Dan Villa Wista Gunung Gare

081271264084

081367571420

16:20

dempo

Jl. Kapten Sanap Bedeng munir

kedai ruang senja Jl. Gunung, Kelurahan Nendagung, Pagar Alam 0899051100

18


03

Cughup Lematang Indah merupakan salah satu objek wisata air terjun yang ada di kota Pagar Alam, Jarak dan pusat kota sekitar 13 Km dengan waktu tempuh 20 menit, berada di titik koordinat S 040 04’ 16 3” dan E 1030 19 ‘ 23 9”.

19

Air terjun ini terletak dilokasi yang cukup strategis karena letak dipinggir jalan utama antara Kabupaten Lahat dan Kota Pagar Alam. Ketinggian air terjun ini sekitar 60 meter dari permukaan Sungai, kawasan ini memiliki keindahan panorama alam dengan latar belakang Bukit Barisan.


04

Terletak dikawasan Gunung Dempo, tepatnya di Talang Tinggi Kelurahan Dempo Makmur Kecamatan Pagar Alam Utara Kota Pagar Alam. Jarak dari pusata kota sekitar 8km. Akses ke air terjun cukup mudah, karena hanya berjarak 600 meter dari jalur yang bisa dilalui kendaraan. Cughup Tuju Kenangan merupakan potensi wisata yang masih alami, memiliki ketinggian sekitar 60 meter dari permukaan sungai, ditempat ini masih banyak terdapat jenis tumbuhan. Di air terjun ini terdapat kolam dan tempat bermain seluncur yang terbentuk secara alami dan menjadi keunikan tersendiri. 20


05 Cughup Maung adalah salah satu DTW yang memiliki pemandangan menakjubkan dibuktikan dengan banyaknya media nasional yang telah mempublikasikan air terjun ini. Para wisatawan diajak menikmati eksotisme air terjun dengan latar belakang alam yang masih alami. Air terjun ini mengalir membasahi bebatuan yang ditumbuhi lumut sehingga menimbulkan pesona keindahan yang khas. Air terjun ini memiliki ketinggian 65 meter dengan lebar 40 meter dan terletak 20 km dari pusat kota dengan jarak tempuh kurang lebih 1 jam.

21


06

Cughup Pintu Langit yang memiliki ketinggian sekitar 35 meter berada di sekitar kaki gunung Dempo memiliki panorama alam yang cukup indah karena berada dideret bukit barisan. Suara deruan air sudah terdengar dari kejauhan karena memang debit air yang jatuh sangatlah deras. Menuju ke Cughup Pintu Langit sangatlah menarik karena kita disuguhi pemandangan perkebunan sayur mayur milik warga. Tidak hanya itu kita pun dapat melihat hamparan kebun kopi saat hampir tiba di lokasi air terjun ini. Jangan lewatkan kesempatan mengunjungi Cughup Pintu Langit bila kita berlibur di Kota Pagar Alam.

22


07

Nama Green Paradise ini tidak hanya sekadar

Green Paradise berada di Dusun

nama yang hanya bertujuan untuk menarik

Sukarame, Kelurahan Bumi Agung

minat pengunjung semata. Kata “Green” yang

tepatnya di Kecamatan Dempo

berarti hijau mewakili warna dedaunan dari

Utara. Untuk bisa ke tempat ini,

pohon dan tumbuhan yang tumbuh rimbun di

pengunjung dapat menggunakan

tempat ini. Sedangkan kata “Paradise” memiliki

jalur darat dengan kendaraan roda

arti surga bagi tiap mahluk hidup yang bernaung

empat maupun roda dua.

di dalamnya. 23


paradise

24


08

Agro wisata Kebun Jeruk Gergah terletak di Dusun Janang Kelurahan Dempo Utara Kota Pagaralam telah menjadi destinasi pariwisata baru di Pagaralam. Lokasi ini berjarak sekitar 30 menit dari pusat Kota PagarAlam dan dapat ditempuh dengan kendaran darat baik roda dua ataupun roda empat.

25

Rasa manis bercampur asam merupakan cita rasanya. Namun dari sisi ukuran, kebanyakan jeruk keprok berukuran biasa-biasa saja (5-6 buah per kg), sementara untuk jeruk Gerga ukurannya luar biasa, bisa mencapai 3 buah/kg. Jeruk ini dapat dijadikan salah satu produk unggulan hortikultura daerah maupun nasional.



09 Situs Tegur Wangi berada di Kelurahan Tegur Wangi Kecamatan Dempo Utara yang berjarak sekitar 6 km dari pusat kota. Disitus ini terdapat bermacammacam peninggalan zaman prasejarah sepert: empat buah arca batu yang disebut oleh masyarakat sekitar batu Beghibu (anting yang dipakai gadis zaman dulu untuk merayakan kesembuhan kepala suku mereka) yang terbuat dari batu andesit. selain itu di komplek Situs Tegur Wangi ini juga terdapat rumah batu yang digunakan oleh manusia pada zaman batu sebagai tempat berlindung. Di situs Tegur Wangi ini terdapat dua buah dolmen yang mempunyai ukuran yang berbeda. Dolmen yang pertama berbentuk sebuah meja persegi empat yang memanjang, sedangkan dolmen yang kedua berbentuk batu yang agak bulat besar dibahwahnya ditopang oleh tiga buah batu berukuran kecil. Kemudian sekitar 1 km dari situs ini terdapat batu bertulis, untuk menuju kesini pengunjung harus menyusuri sangai dan melewati perkebunan kopi warga. Batu bertulis termasuk unik dan langka karena satusatunya bentuk arca yang dipahat dengan goresan pada batu besar. Goresan pada batu ini seperti manusia bertanduk mirip kerbau dan aksesoris pada bagian tangan dan kaki. Pada bagian bawah juga terdapat goresan seperti manusia dengan ukuran kecil sebanyak tiga buah, selain itu terdapat gambar seperti bunga matahari berukuran kecil yang terletak tidak jauh dari bentuk seperti goresan manusia. 27


10

Situs Megalitikum Tebing tinggi secara administratif berada di kelurahan Lubuk Buntak, Kecamatan Dempo Selatan, Kota Pagar Alam. Menhir yang bisa kita jumpai lebih awal yang terdapat pada situs ini berada di arah jalan perkampungan penduduk sedangkan yang lainnya berada di kebun kopi masyarakat. Megalith yang ada ini berbentuk Manusia Menunggang Gajah yang diperkirakan berumur 2.000 tahun.

28


PAGAR ALAM

Beauty of South Sumatra


30


Ikan Masak Ghuas Ikan sungai seperti jenis baung, patin, gabus ataupun toman diolah masyarakat Pagar Alam dengan campuran bumbu berasal dari cabai, lengkuas, kunyit, tempoyak dan rempah-rempah yang diproses dengan dimasukkan ke dalam bambu dan dimasak hingga harum menjadikan suatu sajian tak hanya memanjakan lidah, namun juga menyehatkan bagi yang mengkonsumsinya. Selain memanjakan lidah, kuliner satu ini berkhasiat bagi kesehatan, karena terbuat dari campuran bumbu masak seperti kunyit dan rempah-rempah yang mampu mengobati asam lambung.

31


Ikan Bumbu Kuning Ikan sungai seperti jenis baung, patin, gabus ataupun toman diolah masyarakat Pagar Alam dengan campuran bumbu berasal dari cabai, lengkuas, kunyit, tempoyak dan rempah-rempah menjadikan suatu sajian tak hanya memanjakan lidah, namun juga menyehatkan bagi yang mengkonsumsinya. Selain memanjakan lidah, kuliner satu ini berkhasiat bagi kesehatan, karena terbuat dari campuran bumbu masak seperti kunyit dan rempah-rempah yang mampu mengobati asam lambung.

32


Kelicuk Salah satu makanan khas kota pagar alam adalah “kelicuk�. Makanan khas pagar alam ini berbahan dasar ketan dan pisang yang dibungkus dengan daun pisang dan dikukus. untuk mendapatkan makanan khas ini kita dapat membeli di gerai-gerai makan yang berada di sekitar alun-alun kota dan terminal.

Lemang Lemang adalah penganan dari beras ketan yang dimasak dalam seruas bambu, setelah sebelumnya digulung dengan selembar daun pisang. Gulungan daun bambu berisi beras yang dicampur santan kemudian dimasukkan ke dalam seruas bambu lalu dibakar sampai matang. Lemang lebih nikmat disantap hangat-hangat. Cara mengonsumsi lemang berbedabeda. Ada yang senang menikmatinya dengan cara manis atau dengan cara asin, atau ada juga yang memakannya dengan buah-buahan seperti durian. 33


Pagar Alam


mispala Jl.Tanjung Sakti, Pagar Agung

lembur kuring karjak

082175084575

Jl.Tanjung Sakti, Pagar Agung

resto 88 Jl.Tanjung Sakti, Pagar Agung

cafĂŠ & resto chef dadang Jl. Gunung, Pagaram Alam

082293108823

lesehan ridwan 081367432422

rumah makan lagenda Jl. Gunung Dempo Pagar Jaya

082281791555

RM pindang pegagan Jl, Bedeng Kresek

resto cafe DAW Jl. Laskar Mentarjo, Gunung Gare

081215901595

rumah makan dua putra Jl. Kapten Sanap

cafe & & resto bedur Jl. Kapten Sanap, no 16, Demporeokan

35

082175209295


Pondok Teteh

Rifa

Jl. Pasar Dempo

Jl. Perumnas Gupi

082182582552

081279638376

Tuti Jl.Laskar Wanita Mintharjo Gunung Gare 085273090712

Kadafafi

Daksina

Jl.Laskar Wanita Mintharjo Gunung Gare 082282152221

Shafira

Jl. Pagar Jaya

Jl.Depati Renasin Mekar Alam

081367245650

085269259393

Sus Linda Jl. Portal Pagar Jaya 082177766236

Daksina Jl.Laskar Wanita Mintharjo Gunung Gare 082282152221

Biker Asri

Biker Asri

Jl. Bedeng Kresek

Jl. Bedeng Kresek

081367346007

081367346007

36


Villa Dempo Flower Jl,Laskar wanita Mentarjo,Gunung gare

Gunung Dempo Pagar Alam

082282828263

081377582888

Villa Wisata Gunung Gare Jl,Laskar wanita Mentarjo,Gunung gare 081274495550

Mess Pemda Kab. Lahat Gunung Dempo PagarAlam 08127332313

Villa Putri Sriwijaya Desa Suka nanti, kec dempo makmur 081272815271

Hotel Darma Karya Jl,Kapten sanap 081217615861

37

Villa Besemah

Villa DAW Jl,Laskar wanita Mentarjo,Gunung gare 081277777087

D’Cabin Jl,Laskar wanita Mentarjo,Gunung gare 082182811171

Villa Mentari Jl,Laskar wanita Mentarjo,Gunung gare

082177766988

Hotel Favour Jl. Alamsyah Ratu Perwira 08127846075


bus & travel Dimas Travel Jl. Harun Sohar No. 22 Suka Mulia Pagar Alam

Travel CV. Arya Prima Wisata Jl. Kombes H. Umar No II Kota Pagar Alam

Andi / 082182604347

Romli/ 085267844281

Telaga Biru

PO. Sinar Dempo

Jl. Kombes H. Umar No II Kota Pagar Alam

Jl. Laskar Marik No.1073 Pagar Alam

Telaga Biru/ 081178833100

Sinar Dempo/ 082371313457

Dharma Karya

PO. Melati Indah

Jl. Kombes H. Umar No 77 Kota Pagar Alam

Jl. Kombes H. Umar SP. Asem Kota Pagar Alam

Dharma Karya/ 081368845005

085377966668

Anugerah Sakti Armada Jl. Kombes H. Umar No 77 Kota Pagar Alam

PT. Dempo Anugerah Wisata

Dharma Karya/ 081368845005

Jl. Kombes H. Umar SP. Asem Kota Pagar Alam 085377966668

Telaga Inda Armada

Jl. Gunung Kota Pagar Alam

38


Kirana Jl. Kombes Haji Umar

Jl. Kombes Haji Umar

085267741805

085379879888

Dik & Dig Jl.Laskar Wanita Mintharjo Gunung Gare 085267741805

Babarsari Jl. Bedeng Kresek 081392181754

Telaga Sari

Kawah Dempo

DTW Tangga 2001 081278114189

Non Ayu Butik

Jl. Depati Renasin Kel. Bangun Rejo, PAU 082289700157

Putra Abadi

Jl.Mayor Ruslan no 4 PAU

Suka Cinta Kelurahan Kance Diwe

082372727037

082176698132

Fha’aris Jl,Gunung Dempo Pagar jaya PAU

39

HSS

Rantau Unji Jl. H.Piagam Karang Dalo


Dinas Pariwisata Kota Pagar Alam Website: www.pagaralamkota.go.id @pagaralamtourism PagaralamTourism