Page 1


editor’s note

S

uatu pagi saat berangkat ke kantor, saya melewati sebuah sawah yang berada di dekat rumah. Di pematangnya, nampak sekumpulan anak kecil sedang berkerumun. Dari seragam yang mereka kenakan, sepertinya mereka sedang mengikuti pelajaran olahraga. Tentu saja mereka bukan sedang berolahraga di sawah, tetapi mereka sedang nampak asyik memerhatikan seorang petani yang sedang membajak sawahnya dengan menggunakan traktor.

Sekilas tidak ada yang istimewa dari pemandangan itu. Tetapi ketika melihat ekspresi di wajah anak-anak itu, spontan membuat saya ikut tersenyum dan berpikir. Mereka nampak sangat excited dan tertarik sekali memperhatikan mesin traktor dan kegiatan bajak-membajak sang bapak petani itu. Sepertinya baru itulah pertama kalinya mereka melihat kegiatan yang mungkin sudah setiap hari dilakukan oleh bapak petani. Dan melihat ekspresi anak-anak itulah akhirnya membuat saya bertanya pada diri saya sendiri, “When was the last time you did something for the first time, Deka?” Ya. Masihkah kita ingat, kapan terakhir kali kita melihat atau melakukan sesuatu untuk pertama kalinya? Gempuran kesibukan pekerjaan yang menjadi rutinitas kita sehari-hari sebagai ‘orang dewasa’ seringkali membuat kita tidak pernah lagi menjumpai hal-hal baru dan merasakan excitement seperti yang sering dirasakan anak kecil. Membosankan sekali menjadi dewasa, ya? Persis seperti iklan yang pernah dibuat oleh salah satu provider yang pernah diprotes itu. Edisi ini kami buat untuk sejenak mengajak semuanya untuk kembali mengenang serunya masa bermainmain saat masih anak-anak. Siapa tahu, kita bisa kembali belajar dari mereka, untuk sesekali tidak terlalu serius memandang hidup. Dan menemukan kembali ketertarikan pada segala sesuatu yang kita temui atau kerjakan, seakan-akan kita melihat atau mengerjakannya untuk pertama kalinya. Sehingga pertanyaannya kali ini adalah : how can you add more fun to your day?

@RyuDeka EDITOR IN CHIEF

{

“WE DON’T STOP PLAYING BECAUSE WE GROW OLD; WE GROW OLD BECAUSE WE STOP PLAYING.” ~GEORGE BERNARD SHAW

mymagz team

PEMIMPIN UMUM M. AMIRULAH, ST. EDITOR IN CHIEF RYU DEKA EDITOR WORO AGUSTIN REPORTER SISKA RAHARJA EDWINA PRIMANANDA WINNALIA LIEM PHOTOGRAPHER NIKEN PAMIKATSIH ILLHAM TRIYASTANTO ART DESIGNER PRAMONO HADI SIGIT BAMBANG ALLY BUDI UTOMO SOCIAL MEDIA OFFICER DITO DEWA

{

BOARD OF DIRECTOR DIREKTUR UTAMA M. AMIRULAH, ST. DIREKTUR M.ASTAMAM HERLAMBANG, SET. DIREKTUR ARIYANTO HANANTOSENO, SE. MARKETING MANAGER DEWY POESPO ACCOUNT EXECUTIVE DANIEL WIBOWO (08122756412) RENNI OKTORA (085643678500) ADHE SHANTI (088802733668) ALAMAT REDAKSI & IKLAN SWARAGAMA GROUP, KOMPLEKS BULAKSUMUR, BLOK H NO.5 YOGYAKARTA 55281

PHONE (0274) 549513 - 0817273002 FAX (0274) 549513/549515 EMAIL my_magazine@yahoo.com DOWNLOAD PDF ISSUU.COM/MYMAGZ FACEBOOK MyMagz Jogjakarta FOLLOW US @my_magz


CONTENTS { desember }

28

MY TRAVEL Melalui 23 jam perjalanan darat, segala kelelahan sahabat-sahabat MyMagz ini menuju Teluk Kiluan langsung terhapus dengan pemandangan dancing dolphins. Simak keseruannya disini.

30

66

MY ARTICLE

KOMUNITAS Bukan sekedar untuk membuat anak-anak punya kegiatan daripada hanya bermain di mal, tetapi komunitas ini juga mengajarkan bahwa sudah saatnya anak-anak belajar lepas dari invasi junk food!

Jangan ngaku anak 90’an kalau masih asing dengan hal-hal yang sangat happening di era dimana game Snake di handphone sudah kelihatan canggih banget!

ART SECTION

54

Mengotak-atik tradisi dan bersenang-senang di dalamnya. Adalah paham yang dianut oleh seniman pilihan MyMagz minggu ini Radi Arwinda yang mengambil ide kreasi saat berbelanja mainan.

38

MY INTERVIEW Peraih gelar “Celebrity of the Year” pilihan sebuah situs berita ini mengaku sempat kerepotan dalam memproduksi album keduanya “Heart to Heart” yang baru saja dirilis. Kenapa?


COVER STORY

WE NEED MORE PLAYGROUND

STELLA VIRGI YUWANTANA teks: EDWINA PRIMANANDA

Katakan halo untuk Stella Virgi Yuwantana, model cover MyMagz edisi playground ini. Saat ditemui MyMagz, cewek lulusan Akuntansi UGM ini banyak bercerita mengenai jalannya pemotretan dan keprihatinannya akan lahan bermain anak-anak yang terkikis pembangunan. “Pemotretan kemaren kan bertema playground, jadi dilakukan di space outdoor. Suasananya seru, exciting, dan aku dapet pengalaman baru cara mengendalikan ekspresi meskipun panaspanasan,” ucap Stella dengan gelak tawa. Diakuinya, cuaca super panas saat itu cukup menjadi kendala utama. Saat ditanya mengenai realitas anak-anak zaman sekarang yang mainannya serba digital, Stella menjawab secara diplomatis, “Perkembangan digital gak dapat dicegah dan dipersalahkan, karena sekarang lahan bermain sudah banyak berkurang. Dulu aku masih bisa bermain di jalan depan rumah, tapi sekarang terlalu bahaya karena padatnya lalu lintas bahkan di dalam perumahan. Jadi, solusinya mungkin menambah lahan khusus bermain untuk anak-anak, dan mensosialisasikan permainan tradisional di bangku sekolah,” ujar pecinta travelling dan yoga ini dengan senyum tipis.

6 COVER STORY

Fotografer : Niken Pamikatsih Stylist

: Yasmine Pawitralaya (087839429514)

Talent

: Stella Virgi

MUA

: Riska Oktavia (087839512494)

DI Artist : Elang Dewantoro Wardrobe : MK Fashion JL. C Simanjuntak 64

Yogyakarta (0274 - 554415)


MY AGENDA

EXPO KOMPUTER Apkom YESS 2013 14-18 Desember 2013 Jogja Expo Center Pameran komputer Apkom YESS 2013 merupakan pameran komputer yang diadakan tiap akhir tahun. Acara ini diselenggarakan oleh Apkomindo DIY. Info selengkapnya hubungi 0274584283 / 0274584049

FESTIVAL SINEMA PRANCIS 2013 5-8 Desember 2013 Empire XXI Cineplex Di edisi ke-18 ini, Festival Sinema Prancis, festival film asing pertama di Indonesia, kembali hadir dengan formula baru, bekerja sama dengan XXI/21 dan menampilkan tiga program acara utama: Panorama perfilman Prancis terbaru, Retrospektif sutradara Prancis dan Kompetisi Film Pendek Indonesia.

JOGJA VOLKSWAGEN 28-29 Desember 2013 Jogja Expo Center Diselenggarakan oleh Volkswagen Club Yogyakarta. 8TH JOGJA NETPAC ASIAN FILM FESTIVAL: ALTERING ASIA 29 November-7 Desember 2013 TBY & Empire XXI Cineplex

STAND UP NIGHT PESTA RAKYAT UGM @PERAGAM

CLOSING CEREMONY FARMASI CUP

14 Desember 2013 Graha Sabha Pramana Lantai 2s Diselenggarakan oleh BEM KM UGM. GS: Ge Pamungkas, Babe , Kemal Palevi, Fico, Bene Dion. Harga tiket: Earth 87k, Venus 54k, Mercurius 32k. CP 085294284731.

14 Desember 2013 GOR UNY Guest star: Sheila On 7, The Finest Tree, The Kandang

MY AGENDA 7

v


MOVIE

teks: RYU DEKA

AMERICAN HUSTLE

director: david o’ russel stars: christian bale, amy adams, bradley cooper, jennifer lawrence

Sukses tidak terduga dari “Silver Linings Playbook” secara komersil dan kualitas tahun lalu, membuat nama David O. Russel makin dipertimbangkan sebagai sutradara dan penulis skenario masa depan Hollywood. Dan tanpa menunggu banyak waktu jeda, sutradara yang juga sukses dengan karyanya “The Fighter” ini kini langsung mengajak bintang-bintang yang pernah bekerjasama di kedua film itu untuk melakukan reuni di “American Hustle”. “American Hustle” menceritakan seorang penipu ulung, Irving Rosenfeld dan kekasihnya Sydney Prosser yang dipaksa untuk bekerja dengan agen FBI Richie DiMaso untuk menyelami sisi liar Jersey yang penuh mafia dan powerbrokers (orang-orang yang dibayar untuk mempengaruhi penduduk agar memberikan suara dalam pemilihan umum atau referendum kepada kliennya). Salah seorang politikus New Jersey, Carmen Polito terjebak di antara kedua pihak ini. Sementara istri Rosenfeld merupakan satu-satunya kunci yang bisa membongkar kejahatan yang dilakukan suaminya. Film ini adalah fiksionalisasi dari operasi yang pernah dilakukan FBI membuka sebuah skandal properti di akhir tahun ‘70an. Produksi film sempat dihentikan pada 19 April 2013 lalu sehubungan dengan adanya penutupan kota karena tragedi bom Boston. Konon sang sutradara secara khusus menuliskan bagian peran Rosalyn untuk dimainkan aktris kesayangannya, Jennifer Lawrence. Dan seperti biasa, untuk kredit khusus layak diberikan pada Christian Bale atas usahanya menaikkan 40 pounds berat badan demi perannya di film ini.

GRUDGE MATCH

director: peter segal stars: robert de niro, sylvester stallone, kim basinger

Makin tua makin menjadi, mungkin adalah julukan yang pas ditujukan pada Stallone. Semakin bertambah umur, hasrat tampil dan berkarya di layar lebar sepertinya malah semakin besar. Dalam 3 tahun terakhir saja, kita sudah berulangkali melihat si Rambo ini muncul di film. Mulai dari “The Expendables”, “Bullet to the Head” dan yang baru saja dirilis “Escape Plan”. Dan kini, kita harus segera bersiap untuk melihatnya naik ring lagi lewat film garapan Peter Segal yang pernah sukses dengan proyek “Anger Management” dan “50 First Date” ini. Melihat nama sutradaranya dan curriculum vitae karyanya, film ini memang masuk dalam kategori komedi. Dengan nuansa sport yang kental. Berkisah tentang dua rival ‘abadi’ di dunia tinju yang sudah tua, memutuskan untuk bertanding kembali untuk menunjukkan siapa yang paling hebat, 30 tahun setelah pertandingan terakhir mereka. Karena saat akan bertanding dulu, salah satu dari mereka tidak jadi datang karena alasan yang konyol, sehingga pertandingan pun ‘selesai’ dengan mengambang. Seperti “American Hustle”, proyek ini juga merupakan project reuni bagi Stallone dan Robert de Niro. Reuni dalam sisi peran sebagai petinju, dan reuni karena keduanya pernah bekerjasama sebelumnya lewat film “Copland”. Sayangnya banyak orang yang sudah terlanjur menyayangkan adanya proyek ini, karena dianggap akan ‘menghancurkan’ imej peran petinju yang sudah disematkan di keduanya saat memerankan “Rocky” dan “Raging Bull”. Kita buktikan saja Natal ini, saat film ini resmi dirilis. 8 MY REVIEW


BOOK

teks: WORO AGUSTIN

SELAMAT DATANG, CINTA penulis: odet rahmawati penerbit: gagas media

Perempuan yang senang menulis sejak kepulangannya dari kota pelajar, Yogyakarta, Odet Rahmawati kerap menghabiskan paginya dengan membaca sembari ditemani secangkir kopi dan menghabiskan sore harinya dengan menulis. Kali ini dalam buku Odet yang berjudul “Selamat Datang, Cinta” ia membawa kita pada satu kisah romantik antara Alona dan Bastian. Bastian, 23 tahun yang secara tak sengaja mengetahui fakta bahwa Bapak Indra dan Ibu Dira, kedua orang tua yang ia yakini selama ini adalah orang tua kandungnya ternyata hanya orang tua angkat. Bastian marah, kecewa, dan semua rasa sedih berkecamuk dalam dirinya. Munculah pikiran untuk melarikan diri ke Yogyakarta untuk menemui Alona, sahabat sejak masa kecilnya.

Suatu ketika Ibu Dira menyusul Bastian ke Jogja dan menjelaskan duduk persoalan yang terjadi. Tak disangka, Si Mbok, pembantu rumah tangga yang pernah bekerja untuk keluarganya adalah nenek kandung dari Bastian dan akhirnya dia mengetahui bahwa kedua orang tuanya sudah meninggal, sama dengan nasib Alona, yang sudah menjadi yatim piatu. Alona yang masih belum bisa move on dari Galih, sang mantan, masih menganggap Bastian adalah sohib baiknya. Namun berbeda dengan Bastian, yang mulai menaruh hati pada sahabatnya ini sejak ia memutuskan untuk tinggal bersama Alona di Yogyakarta. Lalu bagaimana kisah cinta mereka selanjutnya?

SEJENAK HENING penulis: adjie silarus penerbit: metagraf

Menjalani setiap hari dalam hidup dengan sadar, sederhana, dan bahagia Kita berada dalam era keriuhan. Kita ditarik secara tak sadar ke dalam dua kehidupan: maya dan nyata. Sebagai makhluk sosial, kita hampir melupakan diri sendiri dan harus berada dalam dua dunia itu untuk memenuhi segala panggilan tuntutan keeksisan. Dan dalam era keriuhan, kita butuh keheningan sejenak. Keheningan memberikan tawaran kesempatan bagi diri untuk kembali sadar, bahwa banyak keping bahagia yang telah kita lepas begitu saja.

Adjie Silarus menggelitik kita dengan berbagai rentetan fakta-fakta yang terkadang membawa diri kita melangkah jauh dari ‘diri’ kita sendiri. Sejenak Hening mengajarkan kita untuk kembali mengenali diri dengan melakukan mindfulness meditasi yang Adjie sebut dengan sejenak hening. Meluangkan sedikit waktu untuk membawa diri kita hadir utuh di saat ini, di sini dan sekarang. Sejenak hening mengajarkan kita untuk berhenti sejenak dari keriuhan yang ada dan kembali merasakan apa yang ada di sekeliling kita dengan lebih jelas. Baca dan resapilah setiap kata dalam bab yang disuguhkan Adjie Silarus, dan lihatlah diri kita, sejauh mana kita melupakan ‘diri’ kita selama ini. “Kita menjadi jauh dari ketenangan karena terlalu gelisah akan impian.” MY REVIEW 9


GADGET

teks: RYU DEKA

“

SONY ALPHA NEX-5T

KAMERA MIRRORLESS NFC

K

amera compact system Sony a NEX-5T yang ditunggu-tunggu akhirnya resmi diumumkan. Bisa dibilang kamera ini merupakan penyempurnaan dari model NEX-5R lalu. Perbedaannya, versi terbaru ini sudah dilengkapi dengan teknologi Near Field Communication (NFC). Pengguna cukup menempelkan perangkat bergerak yang juga dilengkapi teknologi NFC ke kamera ini, koneksi nirkabel pun langsung akan terhubung. Sony a NEX-5T sudah dibekali dengan resolusi 16,1MP dengan kelengkapan fitur berupa sensor Exmor APS HD CMOS. Sebuah fitur yang sangat seru karena besaran sensornya mendekati kemampuan kamera professional DSLR. Dengan ukuran sensor yang cukup besar, Sony mangklaim kameranya ini mampu menampung cahaya lebih banyak ketika mengambil gambar dalam mode low-light, bahkan mampu menghasilkan gambar lebih kaya dari DSLR sekalipun. NEX-5T hadir semakin menarik dengan dilengkapinya kelengkapan 15 aplikasi di dalamnya. Beberapa diantara aplikasi tersebut adalah berupa Direct Upload, Motion-shot, dan Time-Lapse. NEX-5T bakal disediakan dalam pilihan-pilihan warna silver, hitam, dan putih. Di dalam lensa ini sudah tertanam Optical SteadyShot dengan kemampuan untuk meredam goncangan saat melakukan pemotretan atau pengambilan gambar. Ketika melakukan Zoom saat shot video juga lebih stabil.

10 MY REVIEW


MUSIC

teks: WORO AGUSTIN

THE RISING BRITISH FEMALE SINGER-SONGWRITER Young and talented. Dua kata yang tepat untuk menggambarkan sosok Birdy dan Gabrielle Aplin yang sama-sama berasal dari Inggris. Siapa sangka di balik pemilik suara manis ini, mereka masih terhitung muda belia. Menulis lirik lagu? Bisa. Merangkai nada menjadi satu komposisi yang harmonis? Bisa. Menguasai beberapa alat musik? Bisa.

BIRDY

Pemilik nama lengkap Jasmine Van den Bogaerde ini masih berusia 17 tahun. Birdy adalah panggilan kesayangan dari kedua orang tuanya. Karena terbiasa disapa Birdy, jadilah Birdy menjadi nama panggungnya sampai saat ini. Debutnya dimulai ketika dia berusia 12 tahun dan berhasil memenangkan kompetisi Open Mic UK dengan mengalahkan 10.000 kompetitor dan berunjuk gigi dengan membawakan lagu ciptaannya “So Be Free”. Pada usia ke 14, Birdy mengcover “Skinny Love” milik Bon Iver dan langsung menyita banyak perhatian di berbagai chart di London.

GABRIELLE APLIN Menyita banyak perhatian lewat video cover song di youtube, Gabrielle Aplin pun mulai serius menekuni dunia musik sejak 2008. Bermodalkan sebuah gitar pemberian orang tuanya, Aplin mulai mengasah bakatnya dalam bermusik. Terhitung sejak tahun 2010 sampai 2012, Aplin aktif mengeluarkan 3 EP (Accoustic, Never Fade, Home) dan melakukan tour di UK dan Europe.

Fire Within (2013) yang menghantarkan Birdy ke puncak popularitas dengan berisikan 11 track yang terdapat dalam album keduanya. “Wings”, lagu yang dia ciptakan sendiri ini dipenuhi dengan lirik dramatik, dengan suara khas Birdy dan dentingan piano yang mengalun dari jari-jari manisnya, perfectly dramatic!

English Rain (2013) adalah debut albumnya bersama label Parlophone. Lewat single pertamanya “The Power of Love”, musisi multi talenta ini berunjuk gigi di belakang tuts hitam putihnya grand piano. Kemudian single keduanya, “Please Don’t Say You Love Me”, lagu yang terdengar lebih beat dan catchy dari single pertamanya ini, mengantarkan Aplin menduduki berbagai chart di UK dan Europe.

other track: “No Angel”, “Heart of Gold”, “All About You” and the upbeats one “Light Me Up”.

other track: ”Panic Chord”, “Home” and the next 4th single “Salvation”.

MY REVIEW 11


TRAVEL INFO UNDERWATER HOTEL

KAPAN KE JOGJA LAGI?

The Manta Resort di Pemba Island, Tanzania, membuka 16 kamar baru yang terletak di bawah permukaan air. Kamar bawah air ini terletak di tengah danau Swedia. Berjarak sekitar 250 meter dari lepas pantai, struktur underwater room adalah bertingkat tiga, dengan dek atap. Kamar mandi dan area lounge di permukaan laut dan kamar tidur di lantai bawah. Pada malam hari, lampu sorot di bawah jendela akan menarik dan menerangi cumi-cumi dan gurita, jadi para tamu akan melihat lebih banyak kehidupan laut pada malam hari daripada siang hari.

Ini bukan judul lagu, tetapi keindahan Jogja memang selalu membuat siapapun ingin kembali. Dengan basis kerajinan-nya yang kuat, baru-baru ini Kemenparekraf mendaftarkan Jogja menjadi Creative City UNESCO. Selain agar semakin dikenal di mata wisatawan mancanegara, hal ini juga bertujuan semakin memajukan kota ini. Nantinya, hal ini mau tidak mau akan mengharuskan pemerintah setempat untuk berkomitmen memperbaiki segi infrastruktur, sarana-pra sarana, promosi dalam mempromosikan produk unggulannya. Mari kita dukung!

SEHAT DI STASIUN KERETA

THE CITY WITH THE WORLD’S BEST TAXI

Kalau jalan-jalan ke Moscow, jangan lupa gunakan transportasi Vystavochnaya subway station. Dan lakukanlah squat disana sebanyak 30 kali. Maka kita akan mendapatkan tiket kereta gratis. Ini adalah program promosi untuk event Winter Olympics yang akan diselenggarkaan di Sochi, dan bagian kampanye komite olahraga Russia untuk “menambahkan element olahraga di kehidupan sehari-hari�. 2 menit adalah waktu yang ditentukan untuk melakukan squat, dan hanya berlaku di bulan ini saja. Mau mencoba?

12 TRAVEL INFO

Untuk 6 tahun berturut-turut, London terpilih sebagai kota dengan layanan taksi yang paling baik di dunia menurut survey dari Hotels. com. Lebih dari 2.500 voters dari 30 negara, memberikan London 22% suaranya, mengalahkan New York City (10%) dan Tokyo (9%). London unggul di 5 dari 7 kategori, termasuk faktor keamanan, kebersihan dan kualitas menyetir supir. Termasuk satu hal penting yang masih menjadi pekerjaan rumah taksi-taksi di dalam negeri : pengetahuan supir tentang rute/area yang dituju.


KULINER

teks: EDWINA PRIMANANDA

KAPSALON DELICIOUS DUTCH STREET FOOD Jangan kaget dengan kuliner yang satu ini. Meskipun namanya Kapsalon, tapi kudapan ini sama sekali tidak berhubungan dengan dunia persalonan. Kapsalon merupakan sejenis street food, jajanan pinggir jalan asal Belanda. Biasanya dijual di booth-booth makanan yang juga menjual makanan Turki seperti doner kebab, durum (roti pita diisi sayuran dan daging lalu digulung dengan bumbu shoarma) dan patatje (kentang goreng dengan topping).

Nah, lalu makanan seperti apa sih kapsalon ini? Kapsalon ini terdiri dari beberapa lapisan. Lapisan paling bawah berupa french fries, kemudian daging dengan bumbu shoarma, ditutup melted cheese, lalu ditambah lagi dengan layer selada serta sayuran,terakhir dibumbui dengan knoflooksaus (saus bawang putih), shoarma sauce, dan saus sambal. Dengan daging cincang yang ditambah berbagai sayuran salad, dan cheese di setiap layernya, Kapsalon memiliki citarasa yang komplit. Citarasa savoury dan crispy dari kentang gorengnya berpadu pas dengan daging dengan bumbu yang khas dan sayuran yang segar. Terlebih lagi ditambah dengan saus bawang putih dan taburan kejunya, they unite this dish. Jika penasaran ingin mencicipi jajanan pinggir jalan ala Belanda ini, di Yogyakarta hadir satu restoran yang menjajakan Kapsalon. Restoran yang bernama Roti Papi ini berlokasi Selokan Mataram Jalan Bougenville 1C Karangasem CT X Gejayan Yogyakarta. Di tempat ini, tersedia kapsalon dengan pilihan isian: daging sapi, daging ayam, maupun daging kambing. Kapsalon di Roti Papi ini tampil dengan sedikit modifikasi dari pemiliknya. “Kalau di Belanda biasanya pakai daging lamb, tapi karena di sini susah mencari daging lamb jadi kita menggantinya dengan pilihan daging yang familiar dengan masyarakat Indonesia. Di Roti Papi, Kapsalon kita sajikan sebagai hidangan restoran, bukan hidangan fast food seperti di Belanda,� ujar Jesper, salah satu pemilik Roti Papi.

14 KULINER


JOGJA TRIVIA teks : SISKA RAHARJA

WARGA BUMIJO TENGAH, YOGYAKARTA, BERHASIL MENCIPTAKAN MOBIL LISTRIK DARI BARANG BEKAS. IDE AWAL PEMBUATAN MOBIL, YANG KEMUDIAN DINAMAI MOBIL LISTRIK CERDAS TERSEBUT BERANGKAT DARI KEPRIHATINAN TERHADAP KONDISI POLUSI UDARA DI YOGYAKARTA. TINGGINYA ANGKA UMUR HARAPAN HIDUP MENDORONG TERJADINYA MIGRASI MASYARAKAT DARI LUAR UNTUK TINGGAL DAN MEMBELI RUMAH DI YOGYAKARTA. SEBAGIAN BESAR MASYARAKAT YANG MELAKUKAN MIGRASI ADALAH YANG MULAI MEMASUKI MASA PENSIUN. KONSUMSI IKAN MASYARAKAT YOGYA PALING RENDAH SECARA NASIONAL. RATA-RATA TIAP ORANG HANYA MENGKONSUMSI 9,7 KILOGRAM (KG) PER/KAPITA/ TAHUN. ANGKA ITU MASIH SANGAT JAUH DI BAWAH ANGKA NASIONAL YANG MENCAPAI 29,8 KG/KAPITA/TAHUN. PRAJURIT KERATON NGAYOGYAKARTA HADININGRAT DIBENTUK PADA MASA PEMERINTAHAN HAMENGKUBUWONO I SEKITAR ABAD 17. TEPATNYA PADA TAHUN 1755 MASEHI. 16 JOGJA TRIVIA


Sidji Batik

WHEN TRADITIONAL GOES INTERNATIONAL

B

atik adalah salah satu warisan budaya negri yang semakin dikenal di kancah internasional. Budaya batik digembargemborkan dan telah dikenal sebagai seni yang mencerminkan identitas Indonesia. Setelah batik Indonesia diakui UNESCO sebagai World Heritage, Sidji Batik berkomitmen untuk memperkenalkan budaya Indonesia melalui batik kontemporer yang berkualitas dan original. Sidji Batik menawarkan produk-produk batik jenis kontemporer dengan motif-motif unconventional. Keaslian batik sangat dijaga oleh brand yang lahir pada tahun 2011 ini, oleh karena itu semua batiknya dihasilkan secara handmade dengan melewati 3 proses yaitu pencantingan, pewarnaan dan pelorotan. Sidji Batik juga mengusung konsep limited edition yaitu satu motif untuk satu kain, menjadikan produknya unik dan satu-satunya di dunia. Selain kain batik yang beragam motifnya dari pola abstrak sampai dengan pola alam, di butiknya

yang terletak di Jln. Kaliurang Km 5 no 82 juga terdapat busana ready to wear seperti dress, kaos, dan kemeja. Sidji Batik juga memproduksi busana dengan desain yang cocok untuk anak muda dengan harapan dapat mendorong anak muda untuk mencintai dan mengapresiasi warisan budaya nenek moyang ini. Sejak tahun 2011, Sidji Batik mengekspor produknya ke negara-negara di Asia sampai Eropa dan Amerika. Produsen batik ini juga kerap mengikuti expo-expo di luar negri untuk memperkenalkan batik. Bagi yang ingin lebih tahu tentang budaya batik, Sidji Batik menawarkan Heritage Tour yaitu kelas membatik sekaligus wisata untuk mengenal kebudayaan batik. Di samping itu, Sidji Batik mengemban misi untuk membantu masyarakat pembatik di desa-desa dengan memberlakukan fair trade. Oktober lalu bertepatan dengan hari batik, Sidji Batik mengadakan Sidji Batik Award sebagai bentuk apresiasi kepada kerja keras para pengrajin batik. ADVERTORIAL 17


18 JOGJA TRIVIA


REPORTASE PLAYGROUND

A - THAT CHILDHOOD WE MISS! B - RUN, JUMP, AND LAUGH: CHILDHOOD GAMES ALL AROUND THE UNIVERSE C - KAMPUNG DOLANAN DUSUN PANDES D - TRADITIONAL GAMES OR DIGITAL GAMES?


REPORTASE

THAT CHILDHOOD WE MISS! Tidak bisa dipungkiri, masa kecil anak-anak zaman sekarang sangat berbeda dengan masa kanak-kanak di era 90an. Bermain dokter-dokteran tergantikan oleh gadget, sepedaan di sore hari tergantikan oleh chatting. Perubahan zaman dan perkembangan teknologi memang banyak menggeser kebiasaan-kebiasaan yang serba unik di masa kecil. Yuk, let’s have a little flashback of our childhood!

CARTOON SUNDAY Hal yang paling dinantikan di hari Minggu? Kartun! Setiap hari minggu, hal pertama yang dilakukan setelah bangun pagi adalah menyalakan TV dan menikmati marathon kartun . Hari minggu biasanya memang didedikasikan untuk kartun-kartun favorit seperti Doraemon, Shincan, Ninja Hatori, P-Man, Chibi Maruko Chan yang ditayangkan dari jam 8- 10 pagi. Sayangnya, banyak kartun yang sudah tidak ditayangkan lagi di hari Minggu dan diganti acaraacara realiti show atau acara musik.

JAJANAN TRADISIONAL Jajanan tradisional memang melekat dengan masa kecil. Jajanan-jananan seperti es tongtong, cilok, kue rambut nenek dan lain-lainnya bisa hampir setiap hari dikonsumsi (walaupun diam-diam supaya tidak ketahuan ibu). Selain rasanya yang sangat disukai anak-anak, jajanan tradisional biasanya dijual dengan harga yang murah sehingga bisa dibeli dengan uang saku yang hanya sebesar lima ribu rupiah. Pak, gulalinya satu, ya!

20 REPORTASE


teks: WINNALIA LIM

HOMPIMPA DAN SUIT UNTUK MENENTUKAN PEMENANG Hompimpa alaium Gambreng! Tidak ada yang tahu apa arti mantra itu. Hompimpa selalu jadi cara anak-anak untuk menentukan siapa yang menang atau kalah. Caranya mudah yaitu menggunakan telapak tangan yang dilakukan oleh minimal tiga peserta, dan yang beda sendirilah yang kalah. Kalau sudah sisa 2 orang, penentuan menang kalah ditentukan lewat Suit Batu-Gunting-Kertas (jepang) atau GajahSemut-Manusia (jawa). Jadi lain kali kalau kamu bingung menentukan siapa menang dan kalah, coba deh pakai hompipa.

MAIN PETAK UMPET Petak Umpet bisa dibilang game masa kecil yang universal. Meskipun dengan nama yang berbeda-beda di tiap daerah, seperti dhelikan, sembunyi indup, jethungan, ta’umpet, petak umpet selalu menjadi permainan favorit anak-anak. Yang paling menegangkan adalah ketika si penjaga meninggalkan pos untuk mencari ‘mangsa’nya, teman yang bersembunyi akan keluar untuk menyentuh pos karena orang yang tidak berhasil menyentuh pos dan ditemukan oleh si penjaga, akan menjadi penjaga selanjutnya. Psst, jangan lupa, harus pulang sebelum maghrib, ya!

NABUNG DI CELENGAN Nabung pangkal kaya, itu nasehat yang sering kita dengar sejak kecil. Mungkin karena itu, orang tua hobi membeli celengan untuk anakanaknya. Recehan sisa uang jajan setiap hari dimasukkan ke dalam celengan, dikumpulin untuk beli mainan. Ada rasa kepuasan tersendiri ketika celengan sudah terasa berat karena koin yang terkumpul juga banyak.

REPORTASE 21


REPORTASE

RUN, JUMP, AND LAUGH:

CHILDHOOD GAMES ALL AROUND THE UNIVERSE Permainan anak yang sesungguhnya itu berlari, melompat, dan berkumpul bersama teman-teman. Bukan menunduk dan menghadap layar sentuh. Beri jalan untuk barisan permainan anak di setiap benua ini, yang mungkin saja sudah tidak lagi dimainkan karena tergeser candunya permainan digital.

Banyoka

Piñata

Permainan banyoka ini sering dimainkan oleh penduduk Zambia dan juga penduduk Zaire bagian selatan. Banyoka berarti ular. Permainan ini sendiri berkembang karena di Afrika terhampar luas areal savannah, dan masih terdapat banyak ular liar di sana.

Permainan ini berupa patung keledai dari bubur kertas yang dihias dan digantung. Piñata (baca: pinyata) dilakukan dengan mata tertutup dan memukuli si keledai dengan tongkat, berupaya untuk memecahkannya. Si keledai pecah, lalu permen, buah, serta mainan tertumpah ke luar. Ramailah semua orang berlomba memunguti hadiah itu. Permainan ini merupakan tradisi di negara Amerika Latin.

Cara bermainnya sederhana. Terdiri dari dua kelompok, yang masing-masing terdiri lebih dari 6 orang. Mereka akan berperan menjadi ular, dimana para pemainnya berbaris satu banjar dengan meletakkan tangan di bahu pemain depan. Tiap ular kemudian akan berjalan dan sambil menyanyi, mereka akan menggerakkan tubuh mereka seperti ular dan berlomba untuk mencapai garis finish. Tentu bukan perkara gampang, mengingat area bermain mereka yang berbatu, semak, dan banyaknya hewan liar. Hiii!

22 REPORTASE

Anehnya, orang Tionghoa-lah yang mencetuskan piñata sebagai perayaan Tahun Baru. Mereka membuat patung sapi yang ditutup kertas berwarna dan mengisinya dengan lima jenis benih. Tongkat berwarna digunakan untuk memecahkan patung itu. Kertas hias yang menutupi patung itu dibakar dan abunya disimpan untuk keberuntungan. Konon, pada abad ke-13, penjelajah asal Venesia Marco Polo membawa ”piñata” ini dari Cina ke Italia. Di sanalah namanya yang sekarang diperoleh, dari kata bahasa Italiapignatta, atau belanga rapuh.


teks: EDWINA PRIMANANDA

Freeze! Permainan tradisional lainnya di Australia adalah Freeze Tag or Stuck in The Mud. Pada permainan ini ada satu orang yang ’jadi’ dan ia harus mengejar pemain lain dan menyentuh mereka. Seandainya ada pemain yang tersentuh maka, pemain tersebut harus diam di tempat. Mereka tidak dapat berpindah dan harus berdiri dengan kaki terbuka. Mereka akan dapat bergerak lagi apabila ada seseorang yang merangkak di bawah kaki mereka. Ya, merangkak di bawah kaki. Cukup menarik! Permainan ini akan terus berlanjut sampai semua pemain ’diam’. Pemain yang paling akhir disentuh akan ’jadi’ di permainan berikutnya. Say freeze!

Ddakji

Hopscotch / Zondaag Mandaag

Bagi kalian yang menggemari variety show Korea, Running Man, pasti sudah familiar dengan permainan anak satu ini. Ddakji (baca: takji), merupakan sebuah permainan tradisional anak dari Korea dengan menggunakan kertas yang dilipat sedemikian rupa menjadi sebuah kartu/ lempengan. Anak-anak biasanya membuat ddakji ini sendiri. Permainan ini dapat dimainkan oleh 2 orang atau lebih, dengan satu ddakji untuk satu orang.

Ingat permainan engklek? Permainan tradisional tersebut ternyata tidak hanya dimainkan di Indonesia, tapi juga di Eropa, seperti di Hungaria dan Belanda. Perbedaan yang paling mendasar tentunya adalah namanya. Di Hungaria, permainan ini bernama Hopscotch dan di Belanda dengan nama Zondaag Mandaag.

Cara memenangkan permainan ini yaitu dengan membanting ddakji kita ke arah ddakji lawan yang ditaruh di lantai. Golnya adalah untuk membalikkan ddakji lawan. Bila terbalik satu putaran penuh atau bahkan tidak terbalik sama sekali, maka giliran lawan yang berhak membanting ddakji-nya dan berkesempatan memenangkan permainan.

Pada dasarnya permainan ini mempunyai aturan yang sama. Seorang pemain mendapatkan sebuah batu, lalu pemain tersebut melemparkannya ke tempat perhentian pertama kemudian melompat dengan satu kaki ke tempat perhentian pertama. Setelah itu pemain harus mengambil batu atau pecahan pot bunga tersebut, melemparkannya ke tempat perhentian kedua, dan melompat dengan satu kaki begitu seterusnya sampai berbalik dan kembali ke kotak pertama. Hop hop!

REPORTASE 23


REPORTASE

KAMPUNG DOLANAN DUSUN PANDES

“ANAK KUDU DOLANAN, ANAK DUDU DOLANAN!” Dua puluh tahun yang lalu, tidak sulit menjumpai perempuan lansia yang berjualan dolanan tradisional. Di tahun 2013 dimana anak-anak sibuk dengan ipad dan playstation, terlintas satu pertanyaan: dimanakah mereka sekarang?

24 REPORTASE


teks: SISKA RAHARJA - foto: ILLHAM TRIYASTANTO

Mainan semacam othok-othok, angkrek, kitiran, payung kertas dan manukan seakan sudah hilang ditelan jaman. Namun di Dusun Pandes, Panggungharjo Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Yogyakarta kita masih bisa menjumpai dolanan anak tradisional tersebut. Dulu ada sekitar 50 pengrajin dolanan anak tradisional, tapi hanya tinggal 8 orang saja yang masih bertahan untuk membuat dolanan, maklum hampir semua pengrajin tersebut adalah kaum lansia. Kampung dolanan anak Pandes ini menjadi satu-satunya kampung wisata yang masih melestarikan dolanan anak tradisional, bahkan beberapa warganya masih menggantungkan hidupnya dengan itu. Konon desa ini sudah membuat mainan tradisional sejak abad ke-18. Sekarang kemampuan membuat dolanan anak sudah diwariskan ke anak muda di desa ini. Hingga sekarang mereka masih aktif menjualnya ke pasar malam sekaten atau acara outbond anak-anak yang sering diadakan disini. Harga jual dolanan itu pun masih sangat murah, berkisar antara 1000 hingga 2000 rupiah saja. Dolanan anak masa lalu tidak sebatas memanjakan nostalgia. Proses pembuatannya pun juga sarat akan nilai lokal kehidupan, seperti kemandirian, cinta alam dan kreativitas. Hanya dengan lem nasi, kertas minyak dan bilah bambu, tangan-tangan renta para nenek di dusun Pandes dengan cekatan membuat kitiran. Salah satu pembuat mainan itu adalah Mbah Joyo, dirinya bisa membuat banyak wayang kertas dengan cepat, bahkan tanpa diberi pola. Mbah Joyo sendiri merasa resah jika dirinya sudah meninggal dan tidak ada lagi yang meneruskan pembuatan dolanan ini. “Lha gimana, harga dolanan cuma seribu saja anak-anak sekarang tetap memilih mainan pabrik Cina�, ujarnya sedih. Beruntung kini Dusun Pandes banyak dikenal dengan julukan Kampung Dolanan, disini juga sering digunakan sekolah dan TK untuk kegiatan outbond. Komunitas Pojok Budaya menjadi motor penggerak yang menyulap desa Pandes sebagai Kampung Dolanan. Semangat warga dusun Pandes pun kembali menyala, seperti halnya apa yang mereka yakini selama ini, “Anak Kudu Dolanan, Anak Dudu Dolanan!� REPORTASE 25


TRADITIOor NAL GAMES DIGITAL GAMES? teks: WORO AGUSTIN

Masih adakah secuil ingatan semasa kecil kalian yang kerap kali menghabiskan waktu bersama temanteman sebaya di kompleks rumah? Waktu terasa sangat cepat, tak terasa berjam-jam telah dihabiskan ketika kita duduk bercengkrama bermain games favorit seperti karambol, Dakonan, Monopoli dan Uno. Masa paling mengasyikkan! Tapi, coba kita tilik lagi, adik-adik kita saat ini jarang sekali bermain games tradisional seperti itu lagi, atau malah tidak pernah sama sekali. Perkembangan teknologi telah memboyong games tersebut masuk menjadi deretan games digital. Games digital yang lebih mudah diakses namun tidak akan pernah bisa menggantikan sensasi ketika tangan-tangan kita menyentuh dengan nyata bagian-bagian kecil permainan tersebut dan duduk berhadap-hadapan bermain bersama teman-teman, penuh gelak tawa.

KARAMBOL Ingat dengan permainan satu ini? Koin yang meluncur di atas papan dengan bantuan bedak/tepung? Permainan meja satu ini dapat dianggap sebagai modifikasi dari keluarga permainan biliar. Di dunia, permainan ini dikenal dengan banyak nama, seperti carrum, couronne, carum, karam, karom, karum, dan finger billiards (“biliar jari�). Konon katanya permainan ini berasal dari India dan menyebar luas ke berbagai negara lainnya pada tahun 1970-an. Terdapat 4 lubang di tiap sudut meja permainan yang berbentuk persegi ini. Kalau biliar memakai bola sodok, karambol memakai koin, sebagai sasaran dan koin gacoan. Ada 2 jenis koin yang berbeda yang harus dimasukkan oleh para pemain yang saling bermusuhan. Jumlah koin ada 22 buah dengan 10 buah berwarna merah, 10 buah lainnya berwarna biru, serta 1 koin sebagai raja dan 1 lagi sebagai gacoannya. Sekarang karambol bisa ditemukan dengan mudah di play store, dan portal online games. Secara visualisasi nyaris mirip, tapi ketika bermain karambol digital, kita nggak bisa merasakan licinnya tepung/bedak yang membantu koin-koin kita itu meluncur.

DAKONAN Satu lagi permainan tradisional yang mulai luntur kepopulerannya, Dakonan. Permainan tradisional yang lebih kerap dimainkan oleh anak-anak yang tinggal di Pulau Jawa ini juga sering disebut congklak. Dakon pada jaman dahulu dimainkan di beranda, di bawah pohon atau di dalam rumah. Kedua pemain sebelumnya akan menentukan siapa yang memulai atau bisa juga dengan mengundinya. Permainan ini pada jaman dulu dimainkan anak-anak hingga remaja wanita dan identik dengan dunia kewanitaan. Menurut pendapat orang permainan dakon ini dapat meningkatkan/melatih kemampuan manajemen dan hitungan seseorang. 26 REPORTASE


Permainan ini dilakukan oleh 2 orang yang duduk berhadapan di sebuah papan yang terbuat dari kayu atau plastik dengan 16 lubang. 2 lubang lumbung berada di sisi paling pojok kiri dan kanan dan 14 lubang permainan dengan 7 lubang di sisi atas dan 7 lubang di sisi bawah. 7 lubang di depan pemain dan 1 lubang besar di kanan pemain adalah area pemain. Setiap lubang kecil diisi dengan tujuh buah biji. Perlu strategi dan hitungan matematis yang tepat untuk memenangkan permainan satu ini. Konsep permainan dakon ini kemudian diusung oleh para developer games. Dikemas menyerupai cara bermain dakon. Bisa ditemukan dengan mudah di platform iOS, Android dan bahkan portal online games.

UNO MONOPOLI Masih ingat dengan kartu dana umum dan kesempatan? Ya, dua kartu ini selalu bertengger manis dengan berisikan perintah yang kadang menguntungkan dan kadang menguras keuangan kita. Tujuan permainan ini adalah untuk menguasai semua petak di atas papan melalui pembelian, penyewaan dan pertukaran properti dalam sistem ekonomi yang disederhanakan. Bisa dimainkan oleh 5 orang, 1 orang berperan sebagai bankir, dan 4 pemain yang beradu dengan dadu-dadu keberuntungan. Banyak peraturan untuk bermain games satu ini. Biasanya bisa ditemukan di kertas petunjuk yang terdapat dalam satu paket kotak permainan monopoli. Saat ini, games satu ini bisa ditemukan dengan mudah di gadget kalian, iOS, Android dan portal online games. Tapi nggak ada yang ngalahin tawa renyah si empunya lahan yang menerima uang sewa dari pemain yang berhenti di lahan milikmu. Satu lagi, awas masuk penjara!

Saat pergi nongkrong ke kafe, pernahkah mendengar teriakan “Unooooo!� dari meja-meja sebelah? Ya, permainan satu ini masih bisa kita jumpai dengan mudah, di berbagai tempat nongkrong di sudut kota yang terkadang menyediakan kartu Uno di rak-rak permainan mereka. Salah satu alasannya adalah cara bermain yang mudah, bisa dimainkan oleh banyak orang, dan kartunya pun mudah sekali ditemukan. Fenomena yang sering kita temui saat ini, ketika nongkrong bersama teman-teman, tanpa disadari tangan kita selalu tak pernah dari lepas dari gadget. Menariknya, justru ketika kita bermain Uno, kadang kita sejenak meletakkan gadget dan melupakan kehidupan dunia maya. Ada dua jenis Uno yang familiar, Uno Classic (kartu) dan Uno Stacko. Benar, keduanya memang lebih mengasyikkan dimainkan secara nyata, bukan secara digital, meski permainan satu ini juga bisa ditemukan dengan mudah di play store, iTunes, dan portal online games. 180 kartu yang dibagikan dan “minuman� yang menumpuk di tengah meja, atau tumpukan balok-balok Uno yang tertata rapi dan harus diambil satu persatu secara perlahan-lahan dan hatihati. Semaju-majunya perkembangan teknologi, nggak ada yang bisa gantiin satu ini! Unooooooo! REPORTASE 27


TELUK KILUAN

MY TRAVEL

surga di tanah lampung

K

apan terakhir kali kalian melihat lumba-lumba? Dimana kalian lihat lumba-lumba? Dan berapa banyak lumba-lumba yang kalian lihat? Kalau tiba-tiba ada orang yang bertanya seperti itu, saya akan mengacungkan jari dan dengan sukarela menjawabnya. Saya melihat lumba-lumba bulan September lalu di tengah lautan dan jumlahnya buanyaaaak. Bukan banyak lagi, tapi buanyaaaak sekali.

teks & foto: ARROSYI NILASARI

Jadi, awal bulan September lalu, bersama dengan dua teman, kami melakukan perjalanan lintas pulau dari Jogja ke Lampung demi melihat lumba-lumba di tengah laut. Tepatnya ke Teluk Kiluan, Kabupaten Tanggamus, Lampung Selatan. Perjalanan menuju ke sana semua kami lalui melalui jalur darat, yaitu naik kereta, kapal, dan mobil selama Âą23 jam. Sesampainya di gerbang teluk Kiluan rasa lelah langsung benarbenar hilang karena dari sana birunya laut sudah dapat terlihat. Setelah berfoto-foto sebentar kami lanjut lagi menuju penginapan melewati Kampung Bali, sebuah perkampungan yang dihuni mayoritas oleh orang Bali yang hijrah ke Lampung melalui program transmigrasi. Lebih menakjubkanya lagi, ternyata penginapan yang akan saya tinggali tidak berada di dekat perkampungan, melainkan di seberang. Jadi, kami harus naik jukung (kapal nelayan kecil) untuk menyebrangi teluk agar sampai ke penginapan. FYI, pondok tempat saya menginap benar-benar berhalaman depan pantai dan berhalaman belakang hutan dari bukit Barisan.

Pulau Kelapa

Lagi-lagi kami harus naik jukung karena akses keluar dari pondok hanya ada 2 yaitu lewat air menggunakan jukung dan jalan kaki memutari teluk lewat hutan. Pantai kelapa berpasir putih sehingga sangat menyenangkan sekali berjalan di atasnya tanpa alas kaki. Terpana melihat lautan dari atas batu karang setinggi itu, karena agak terjal dan curam, jadi saya harus berhati-hati menyusurinya untuk sampai di bagian paling ujung. Sungguh indah, laut lepas berwarna hijau tosca bercampur biru dan udara yang menerpa wajah seakan-akan melebur jadi satu. Setelah puas di atas karang, kami turun dan diajak ke sisi Barat pulau. Di sana kami mencari binatang laut yang berada diantara karang, yang paling banyak kami temukan adalah dongo (sejenis keong laut, dan ternyata dimasak untuk sarapan esok harinya, rasanya enak sekali). Puas mencari dongo, kami kembali ke sisi Timur untuk bermain dan berenang di pantai hingga matahari mulai terbenam, sunset yang indah di pulau Kelapa dan barbeque ikan samba. 28 MY TRAVEL


Dancing Dolphins

by: Aero Tourism News

Tepat pukul 6, kami sudah berada di atas jukung lengkap dengan jaket pelampung di badan. Tapi saya tidak langsung melihat lumba-lumba berloncatan dan berenang seperti yang sudah saya bayangkan, sehingga ada rasa sedikit kecewa dan takut janganjangan saya tidak akan bertemu lumba-lumba. Namun, setelah berputar-putar di tengah lautan selama hampir 2 jam akhirnya saya melihat lumba-lumba dari kejauhan. Bukan hanya 1 atau 2 tapi banyak, berkelompok dan timbul tenggelam banyak sekali seperti gerombolan ikan hias yang berada di kolam. Jadilah jukung berputar kesana kemari mengikuti arah telunjuk kami sambil berteriak histeris tak henti-hentinya melihat lumba-lumba sebanyak itu timbul tenggelam. Bahkan kami beruntung bisa melihat 3 lumba-lumba melompat dan berputar di udara, serta beberapa dari mereka berenang di samping jukung kami. Saking asyiknya tak sadar kami sudah berada di tengah lautan hampir 5 jam, benar-benar puas melihat lumba-lumba sebanyak itu.

Pantai Karang Pegadung

Ditempuh dengan menggunakan motor melewati jalanan naik turun, berbatu dan bahkan memasuki pepohonan yang rimbun. Menegangkan! Perjalanan itu terbayar dengan pemandangan menakjubkan di pantai yang disebut juga sebagai pantai batu layar atau gigi hiu karena karang-karangnya menyerupai layar atau gigi hiu. Sayang, saat kami sampai air sedang pasang sehingga kami tidak dapat ke tengah antara batu karang. Untungnya kami masih bisa ke karang terbesar dan naik ke atasnya. Indah sekali.

Laguna

Laguna yang terletak di balik bukit Barisan, teluk kiluan sebelah timur. Perjalanan ke sana adalah yang paling menyeramkan. Kami harus melewati bebatuan karang yang cukup terjal dan licin, serta ada beberapa bagian yang berupa tebing batu. Tapi setelah melewati semua itu, kami bisa berenang di laguna yang dibatasi batu karang tepat disamping laut lepas. Lagi-lagi laut pasang sehingga berkali-kali ombak dari laut menghantam karang dan mengguyur laguna, sensasinya persis seperti ember raksasa yang biasa terdapat di kolam bermain. Kami berenang-berenang-dan berenang bahkan sesekali terjun dari atas karang. Sangat menyenangkan!

! TIPS

Selama berada di kiluan, bawalah baju ganti dan air minum yang cukup. Bila mudah mabuk kendaraan terutama saat naik perahu, sebaiknya bawa obatobatan yang cukup. Setelah memasuki gerbang kiluan, tidak ada sinyal handphone selain provider merah. Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang teluk kiluan atau gunakan guide penduduk lokal karena buanyak sekali hidden spot yang mungkin belum diketahui. Juga datanglah saat weekdays karena sabtu minggu sangat ramai, terutama saat menonton lumba-lumba. Penting! Teluk kiluan masih sangat sangat asri, jagalah dengan jangan membuang sampah sembarangan! Selebihnya, HAVE FUN!!

Arrosyi Nilasari (Oci) @ci_oci

Pecinta kucing yang suka ngobrol dan jalan-jalan. Pemakan segala kecuali yang berbau durian. MY TRAVEL 29


KOMUNITAS

COOKING CLASS KIDDIES FUN COOKING CLASS FOR KIDS

teks : WINNALIA LIM

Berawal dari hobi memasak dan passion terhadap anak-anak, Pongki, Putri dan Tia mencetuskan ide untuk membuat kelas memasak untuk anak-anak, Cooking Class Kiddies. ‘Main masak-masakan’, begitulah mereka menyebutnya. Kelas yang dijadwalkan sebulan sekali di Legend Coffee ini mengasah ketrampilan anak-anak dalam hal kuliner sekaligus kreatifitas mereka dalam mengkreasikan makanannya sendiri. Makanan yang dimasak di CCK bervariasi, dari pizza, steak, sampai dessert seperti donut dan cake. “Kita pengennya ngajarin makanan yang sehat, gak melulu junk food,” kata Tia. Agar setiap anak punya pengalaman yang sama, masing-masing diberi bahan sendiri untuk diolah, dengan begitu setiap anak bisa bebas menghasilkan masakan yang sesuai dengan selera mereka. Masakan yang sudah jadi kemudian dinikmati bersama-sama, supaya anak-anak juga dapat saling mengakrabkan diri. Mengajari anak-anak adalah sebuah tantangan. Memang butuh kesabaran ekstra terutama bila anakanak di CCK berumur dari 4-10 tahun. Tapi kelas CCK harus selalu dibawa fun supaya anak-anak merasa nyaman dan bisa menyerap ilmu yang diberikan. “Tujuan kita kan supaya anak-anak ada pengalaman memasak, dapat pengetahuan tentang bahan-bahan dan alat masak, dapat fun-nya juga” tungkas Putri. Setelah dari CCK, banyak anak-anak yang mulai membantu mamanya di dapur. “Orang tua juga banyak yang ngepost di blog foto anaknya masak di rumah, dimention ke twitter kita @cc_kiddies,” tambah Pongki. Karena menangani CCK secara langsung, Pongki, Tia dan Putri mengaku semakin sayang dan mengerti bagaimana menghadapi anak-anak. Kelasnya juga didesign supaya kondusif dengan membatasi kuota per kelas 15 anak. Untuk merayakan first anniversarynya di bulan Desember, CCK akan mengadakan workshop memasak untuk anak-anak yatim piatu. 30 KOMUNITAS


KAMPUS

teks : WINNALIA LIM

DRUM CORPS UMY 12 BULAN UNTUK 12 MENIT

K

usuk dan penuh semangat, itulah suasana latihan Drum Corps Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (DC UMY) menjelang Grand Prix Marching Band 2013. Lomba tahunan tersebut merupakan lomba terbesar bagi Marching Band di Indonesia. Untuk meraih juara, Drum Corps UMY telah mempersiapkan diri sejak awal tahun untuk lomba yang akan digelar pada tanggal 27-29 Desember tersebut. Sebagai salah satu dari 5 perwakilan Marching Band Jogja yang mengikuti piala presiden tersebut, DC UMY bertekad untuk memberikan yang terbaik. Kegagalan memasuki 10 besar pada tahun 2009 menjadi cambuk DC UMY untuk bekerja lebih keras lagi. “Persiapan semuanya harus benar-benar maksimal karena bakal ada banyak saingan yang luar biasa,” kata Taufan, ketua DC UMY. Menurutnya, tidak hanya kemampuan bermain yang penting, mental dan fokus pemain juga krusial. Selain latihan rutin setiap hari selasa dan rabu, DC UMY juga mengadakan Camp dari hari Jumat sampai Minggu di wilayah kampus. Camp ini merupakan salah satu strategi supaya latihannya lebih intens dan efektif. “Saat Camp, benar-

32 KAMPUS

benar dimaksimalkan pencapaian target latian, kemudian seminggu sebelum lomba juga akan ada karantina agar pemainnya lebih fokus,” ujar Taufan. Ada yang membedakan DC UMY dengan marching band lainnya di Jogja yaitu tidak semua player DC UMY merupakan mahasiswa UMY. Meskipun pada setiap rekrutmen pendaftarnya melebihi 400 orang mahasiswa, UKM yang terbentuk sejak tahun 1998 ini tetap terbuka untuk orang-orang di luar UMY yang mempunyai passion terhadap Marching Band. Anggota termuda bahkan ada yang masih duduk di bangku SMP. Lagu yang akan dibawakan oleh DC UMY pada Grand Prix Marching Band 2013 bertema tentang Tsunami Aceh. Marsnya berisi gabungan lagu-lagu aceh, lagu yang menggambarkan bencana Tsunami Aceh serta keterpurukan dan kebangkitan pasca bencana. Semua itu dirangkum dalam satu performans berdurasi 12 menit. “Kita ingin menyampaikan pesan yaitu ketika kesusahan atau ada bencana, sebagai masyarakat Indonesia kita harus saling membantu,” jelas Taufan. GOOD LUCK, DRUM CORPS UMY!


ADVERTORIAL 33


BIG 5

It’s Not Easy to be Me

1

INILAH 5 ARTIS CILIK YANG BERJUANG UNTUK MELANJUTKAN EKSISTENSI DI DUNIA HIBURAN SETELAH MASA PUBERTAS MEREKA.

MACAULAY CULKIN Mulai berakting di usia 4 tahun, pernah diprediksi sebagai salah satu aktris cilik tersukses sepanjang masa. Penampilannya sebagai Kevin di “Home Alone” memang langsung menjadikannya superstar. Tetapi hanya empat tahun berselang setelah membintangi “Richi Rich”, sahabat Michael Jackson itu kemudian menghilang dari dunia hiburan. Cobalah googling foto Mac. Maka saat ini, gambar yang muncul adalah gambar-gambar dirinya sedang dalam keadaan mabuk. Menyedihkan.

2

HALEY JOEL OSMENT

3

JONATHAN LIPNICKI

“I see dead people”. Diucapkan Haley dalam film “Sixth Sense” dengan ekspresi ketakutan yang sangat natural. Wajah innocentnya langsung mencuri hati Hollywood. Sayangnya kepopulerannya hanya bertahan di satu film saja. Memasuki masa pubertas, Haley belum berhasil menaikkan lagi popularitasnya. Film terbarunya adalah “Wake the Dead” yang berkisah tentang Frankenstein. Nampaknya ia belum bisa move on dari ‘dead people’ ya.

Siapa yang tidak gemas dengan anak kecil berkacamata yang bermain dengan Tom Cruise dan Renee Zellwegger di film “Jerry Maguire”? Ucapannya yang paling menggemaskan adalah saat ia bertanya, “Did you know the human head weighs 8 pounds?”. Cowok berusia 21 tahun yang juga pernah tampil dalam “Stuart Little” ini sekarang masih aktif di dunia film, walau banyak bermain dalam film-film indie seperti “Edge of Savation” dan “For the Love of Money”. Jonathan masih tampak menggemaskan. Walau mungkin dalam arti yang berbeda.

4

MILEY CYRUS Mungkin dialah mantan artis cilik yang masa pubertasnya sedang dipantau banyak orang. Dari anak manis Disney di “Hannah Montana”, Miley tiba-tiba menjelma menjadi perempuan yang sangat agresif menunjukkan sisi sensualnya. Sebagian menganggapnya wajar, sebagian lagi menganggapnya

memberikan pengaruh buruk. Paling tidak, berkat aksi seronoknya di MTV Video Music Awards lalu, istilah ‘twerking’ menjadi popular dan masuk kedalam kamus Oxford.

5

LINDSAY LOHAN Terkenal lewat film ‘The Parent Trap’ dan ‘Mean Girls’, LiLo kini tidak pernah lepas dari 3 tempat : Rehab, pengadilan dan penjara. Dari situ pun, ia tetap tidak lepas dari incaran para paparazzi, dan namanya masih terus diperbincangkan. Secara negatif, tentu saja. Stuart V. Goldberg, pengacara barunya

menggambarkan kliennya itu sebagai “anak hilang yang rapuh, yang tidak pernah diperingatkan tentang akibat dari tindakannya. Contoh nyata dari ungkapan : “tua itu pasti, bijak itu pilihan”. 34 BIG 5 photo: Macaulay: www.huffingtonpost.com - Haley: biography.com - Jonathan: E! television - Miley: Terry Richardson - Lindsay : nydailynews.com


ADVERTORIAL 35


FUNFACTS

Makan tomat atau minum jus tomat dapat membantu mencegah penumpang pesawat dari Trombosis Vena Dalam (Deep Vein Thrombosis) pada penerbangan panjang.

teks : WORO AGUSTIN

Berdiri lama tanpa membengkokkan lutut sama sekali akan membuat kita pingsan.

Sebuah set berupa enam kursi milik Raja Louis XVI dari abad 18 terjual dengan harga sekitar 60.000 dollar AS dalam cuci gudang yang digelar oleh vb pada awal November lalu. Semua hasil penjualan dari acara ini disumbangkan kepada Oprah Winfrey Leadership Academy for Girls, yaitu yayasan sekolah yang dibangun oleh Winfrey untuk membantu proses pendidikan perempuan di Afrika Selatan. Seorang pria asal Utah, AS, Mike Clements membangun teleskop amatir terbesar di dunia yang memiliki daya tangkap hampir bisa menyamai teleskop angkasa Hubble Space Telescope. Meski membangun dengan minim pelatihan formal, Teleskop buatan Clements itu berukuran seperti bus sekolah dan memiliki bobot 1,5 ton. Otot yang bekerja paling cepat ditubuh kita adalah otot dikelopak mata yang membuat kita berkedip. Kita boleh berkedip 5 kali dalam sedetik.

36 FUNFACTS

Pada 90 nomor kartu bingo terdapat sekitar 44 juta cara yang mungkin untuk membuat, Bingo!

Di Republic of Cyprus, para arkeolog menemukan bahwa nenek moyang manusia sudah mulai memproduksi bir sejak 11 ribu tahun lalu. Para peneliti yakin bahwa bir prasejarah memiliki fungsi mempererat hubungan antara komunitas prasejarah dan juga digunakan dalam berbagai upacara keagamaan.


MY INTERVIEW

“Susah menemukan idola di industri pop sekarang ini…” teks: RYU DEKA foto: NIKEN PAMIKATSIH

PENYANYI DEWI SANDRA PERNAH MENYEBUT SUARA PENYANYI KELAHIRAN 6 JUNI 1990 DENGAN SEBUTAN ‘ANGELIC VOICE’. TIDAK BUTUH WAKTU LAMA MEMANG NAMA RAISA LANGSUNG MASUK DI DERETAN PENYANYI SOLO WANITA YANG DISEGANI. NOVEMBER LALU ALBUM KEDUANYA “HEART TO HEART” DIRILIS, DAN INILAH OBROLAN SINGKATNYA DENGAN MYMAGZ. 38 MY INTERVIEW

So, sudah jadi produser album sendiri nih ceritanya? “Jadi salah satu executive producer, tepatnya. Mungkin karena aku baru belajar, jadi aku baru ngeliat “Oh ternyata gini ya… Oh, ternyata gitu ya..”. Jadi belum benar-benar yang megang banget nih produce-nya.


Tapi udah lumayan ngerti, lah. Ternyata bikin album itu susah. Hehehe. Bisanya kan cuma nyanyi doang. Sekarang mesti nyari waktunya. Belum lagi biayanya ternyata.. super muahal! Serunya, jadi lebih ngerasa lagi kalo ini tuh bener-bener album gue nih, gue yang bikin. Bukan hanya sekedar nyanyi, gitu. Jadi lebih ngerasa berkembang juga.” Single “Bye Bye “ di album kedua ini kan kayakya punya benang merah sama dengan “Melangkah” di album pertama ya. Tentang encouragement, gitu. Memang disengaja? “Iya sih. Aku sih memang pengen lagunya itu jadi “Girl Power” gitu. Anthem buat cewek-cewek gitu. Soalnya aku sering benget denger cerita dari tementemen aku. Dia tuh sebenernya udah nggak happy, terus kayaknya seneng aja melihara kegalauan, gitu. Nah kalo “Bye Bye” itu pengen bilang, kalo emang udah nggak ngerasa happy, nggak diperlakukan dengan baik (oleh pacar), paling oke ya udah.. Byebye aja lah. Karena pasti masih banyak yang antri. Asekk..hehehe..” Kalau single kedua “Pemeran Utama”, ini kan struktur lagunya agak-agak nggak biasa gitu, ya. Maksudnya perlu beberapa kali untuk bisa memahaminya. Ada kesulitan nggak untuk membawakannya? “Pemeran Utama itu yang bikin Kamka Tangga. Itu sebenernya lagunya udah mau dikeluarin di album pertama. Cuman kan di album itu dia ‘berantem’ sama “Apalah (Arti Menunggu)” dan “Terjebak Nostalgia”, kan. Vibe lagunya kan sama. Jadi harus dikorbanin salah satu. Karena kita mikir, ‘Pemeran Utama’ itu lebih berat. Baik konten secara lirik, maupun secara notasi juga. Karena album pertama, kita kasih yang ringan-ringan dulu aja. Nah di ‘Pemeran Utama’ ini aku pengen encourage pendengar aku untuk jangan mau (denger) yang gampang terus, ayo dengerin liriknya. Karena menurut aku yang kuat di lagu ini adalah liriknya. Dengerin aransemennya juga. Karena aku bikin aransemennya khusus banget, kita take strings live. Ya semoga orang sih ‘dapet’ lah ya dari maksud lagu itu.” Jadi nggak ada kesulitan yang berarti, ya? “Nggak juga sih. Karena lagu itu aku suka banget. Beratnya cuma main di emosinya aja sih. Karena kalo dinyanyiin secara flat, nggak akan dapet. Nadanya nggak terlalu tinggi, reff ke verse-nya nggak terlalu beda. Makanya cara satu-satunya ya harus bisa

memainkan emosi dengan benar. Yang paling susah itu, terutama kalo nyanyiin live. Harus pakai hati”. Oke. Nyanyi itu dengan hati. Apa itu juga kenapa kamu pernah bilang suka dengan penyanyipenyanyi seperti Brian McKnight, India Arie. Karena mereka sangat soulful? “Iya bener. Sekarang itu aku miskin idola, gitu. Susah aja nemuin idola di industri music pop sekarang. Kiblatnya udah seragam. Kita jadi susah ngebedain yang mana-siapa-nya. Fresh air itu pas dulu muncul Adele. Wah ada lagi nih penyanyi yang ‘nyanyi’ beneran. Terus sekarang ada lagi Emeli Sande. Aku lagi dengerin banget. Gimana, ya. Jadi kalo dengerin lagu-lagu di album mereka tuh ada part-part yang dimana (pitch-nya) itu nggak sempurna. Kayaknya pitch-nya tuh kurang dikit, deh. Kayaknya nafasnya tuh agak abis, deh. Tapi justru itu yang bikin aku ngerasa, take vocal itu kadang-kadang memang nggak sempurna, tapi barusan itu gue dapet banget emosinya. Itu aku ngerasain banget waktu dengerin albumnya Adele yang ‘21’. Emosinya tuh dapet.” Sentuhan ‘human’ nya masih ada, ya.. “Yes!” 2013 udah mau habis, nih. Ada rencana atau keinginan apa di tahun 2014? “Insya Allah aku pengen banget ngadain konser sendiri. Udah boleh, lah ya. Kan udah punya 2 album hehe. Banyak orang yang nanya, Raisa nggak pengen (konser) sendiri? Aku bilang ya nanti aja deh. Baru satu album. Karena nggak lucu kan, nyanyiin 9 lagu sendiri, terus sisanya bawain lagu orang. Kalo sekarang kan udah punya 2 album, lebih enak. Tapi mungkin enaknya bikin konser sendiri itu, kita jadi tau konser yang kita bikin itu akan seperti apa. Bener-bener bisa ngeluarin konsep, Raisa itu pengen dilihat orang seperti apa..” Memang Raisa pengen dilihatnya seperti apa? Penyanyi. Yang bisa bernyanyi. Terus kita juga bisa desain penonton itu pengen pulang dengan perasaan apa setelah nonton konser kita. Itu bisa semua kita yang megang, tanpa ada titipan embel-embel. Nggak banyak gimmick, dancer, gak kayak gitu. Tapi lebih ke perasaan yang nonton, “Ooo.. gue barusan abis nonton Raisa, abis ngobrol. Doain, ya!” MY INTERVIEW 39


KONTES KECANTIKAN ANAK-ANAK

APRESIASI ATAU KOMERSIALISASI? Sosok anak-anak yang lucu dan menggemaskan memang sangat menarik untuk diperhatikan. Rasanya bukan hal yang aneh apabila anak-anak sering menjadi sorotan masyarakat karena keluguannya. Selain itu, orang mana yang tidak senang apabila mendapat perhatian lebih dari orang lain? Terlebih lagi perhatian khusus karena orang tersebut berprestasi. Tentu saja semua orang ingin mendapatkannya sebagai sebuah wujud dari pengakuan dan apresiasi. Sebagai hasilnya, tidak sedikit perlombaan atau kontes yang diadakan didunia ini, termasuk kontes kecantikan. Kontes kecantikan umumnya diikuti oleh wanita dan berusia remaja, atau bahkan dewasa. Kontes kecantikan ini biasanya mempromosikan bahwa kecantikan dari luar tidak akan lengkap tanpa diimbangi oleh kecantikan dari dalam. Sebut saja misalnya kontes kecantikan Puteri Indonesia, Miss Indonesia, Brand Ambassador The Face Shop, dll. 40 MY OPINION


MY OPINION

Namun seiring perkembangan jaman saat ini, kontes kecantikan tidak hanya diperuntukan bagi masyarakat usia remaja atau dewasa saja. Keluguan anak-anak ini terkadang diinterpretasikan berbeda oleh sebagian orang dewasa sebagai sebuah bentuk komersialisasi. Keuntungan materi yang ditawarkan dari ajang ini terlihat menggiurkan bagi orang-orang tertentu, bahkan pihak keluarga anak tersebut. Sebagai hasilnya, kesuksesan beberapa kontes kecantikan di kalangan orang dewasa berhasil membuka peluang baru bagi sebagian orang untuk mengadakan kontes serupa yang diperuntukkan bagi anak-anak. Kontes sejenis ini umumnya menggunakan kecantikan kontestannya sebagai salah satu indikator penting dalam penjuriannya. Menurut saya, kontes kecantikan anak-anak rasanya tidak perlu untuk diadakan karena kecantikan fisik seorang anak bukanlah sebuah prioritas yang harus diutamakan, terlebih lagi untuk dipertontonkan, bahkan dilombakan. Anak-anak seharusnya dilatih supaya mereka rendah hati dan tidak ambisius untuk kepentingan tertentu, terlebih lagi hanya untuk sekedar popularitas dan materi. Di samping itu selama pelaksanaan kontes kecantikan anak-anak, saya merasa mereka berpenampilan lebih tua dari usianya. Mereka

menggunakan baju yang bernuansa seperti orang dewasa, terlalu memperhatikan fashion, dan juga menggunakan make up yang berlebihan bagi anak-anak untuk kebutuhan publikasi dan lain sebagainya. Apabila orangtua ingin mengajarkan persaingan yang sehat, alangkah baiknya anak-anak diarahkan untuk berkompetisi di bidang lain yang menunjang masa depan dan karirnya, seperti lomba di bidang akademik, seni, dll. Secara pribadi saya merasa bentuk apresiasi di bidang tersebut akan lebih berharga daripada apresiasi di kontes yang mengutamakan kecantikan fisiknya.

RARA NUROKTRIANA MISPAWANTI Tercatat sebagai mahasiswi Sastra Inggris UGM angkatan 2010. Juga seorang Social Media Ambassador The Body Shop Indonesia 2013. Aktif sebagai pengajar bahasa Inggris di PT Hexindo Adiperkasa Tbk dan tutor bahasa Indonesia untuk mahasiswa Thailand di PSSAT UGM. Hobi menyanyi dan mereview kosmetik. MY OPINION 41


30 GOING ON 13 Fotografer : Niken Pamikatsih Stylist : Yasmine Pawitralaya (087839429514) Talent : Stella Virgi MUA : Riska Oktavia (087839512494) DI Artist : Elang Dewantoro Wardrobe : MK Fashion JL. C Simanjuntak 64 Yogyakarta (0274 - 554415)


teks: WINNALIA LIM

FASHION INFO

MILEY CYRUS STYLE TRANSFORMATION

Berawal dari artis Disney Hannah Montana, sempat dikenal sebagai country singer sampai artis kontroversial yang kita lihat sekarang, image Miley Cyrus memang telah bertransformasi dari gadis manis menjadi cewek rebel. Video klip ‘wrecking ball’ dan penampilan‘twerking’nya banyak dihujat, tapi banyak juga yang menyukainya. Like it or not, people change.

U.S ARMY CLOTHING LINE JENNIFER LAWRENCE’S HAIRCUT

Peluncuran sekuel Catching Fire tanggal 22 November lalu membuat aktris utamanya, Jennifer Lawrence menjadi pusat perhatian di Hollywood dan juga dunia fashion. Aktris 23 tahun ini sempat membuat penggemarnya kaget dengan rambut cepaknya. Jennifer yang terkenal pede dengan penampilannya ini pun pernah mengatakan kalau rambut pendeknya ini adalah “the weirdest thing ever”. Don’t worry, you still look gorgeous, Jen!

48 FASHION INFO

Entah ini strategi pertahanan baru atau bukan, Angkatan Darat AS (U.S Army) meluncurkan clothing line nya sendiri yang bernama Authentic Apparel Group. Brand yang mengendorse Dwayne ‘The Rock’ Johnson ini meluncurkan koleksi FallWinter pertamanya pada bulan November lalu. Koleksi tersebut menghadirkan jaket, sweater, kaos dan busana lainnya yang terinspirasi dari seragam para tentara AS.

ISABEL MARANT FOR H&M

VICTORIA’S SECRET FASHION SHOW

Fashion Show Victoria’s Secret selalu membuat penontonnya terpukau, bukan hanya model dan lingeri, tapi juga konsepnya yang spektakuler. Tahun ini , Victoria’s Secret meluncurkan Fantasy Bra seharga 10,5 juta dolar yang dihiasi oleh batu-batu permata seperti berlian, ruby, dan yellow sapphire. Fashion show VS di New York ini juga dihebohkan dengan penampilan Taylor Swift dan Fall Out Boys.

The most anticipated collaboration. Isabel Marant memberi nafas baru pada H&M dengan memperkenalkan desainnya yang chic ala Parisienne. Kolaborasi antara desainer asal Prancis Isabel Marant dan H&M begitu dinanti-nantikan, sampai-sampai setengah koleksi karya Isabel Marant langsung terjual habis di hari pertama koleksinya hadir di H&M tanggal 14 November lalu.


NEW YEAR NEW WARDROBES WORDPLAY

Busana dan aksesoris dengan sebuah kata atau statement berkarakter akan tetap menjadi tren di tahun 2014. Butiknya, kaos ‘Parental Advisory’ Alexander Wang di Fashion week SS/14 langsung dicontek para fashionista dunia. Let’s say it out loud!

ART-INSPIRED

Inilah ketika fashion dan seni digabungkan. Selain motif floral, kamu akan banyak menemukan busana-busana dengan motif lukisan kontemporer yang bold dan ekpresif pada Spring-Summer 2014.

FASHION INFO teks: WINNALIA LIM

GOODBYE 2013, HELLO 2014! TAHUN BARU , RESOLUSI BARU DAN TENTUNYA GAYA BARU. YUK LIHAT DULU GAYA SEPERTI APA SIH YANG BAKAL HEBOH DI TAHUN 2014?

MEN HAIRSTYLE TO TRY BUTUH IDE GAYA RAMBUT BARU ATAU SEKEDAR UNTUK PARTY? YOU MIGHT WANNA TRY THESE

60s-STYLED SIDE PART

Belahan samping yang sleek ala era 60an bisa membuat kamu terlihat rapi dan classy. Kuncinya, pangkas bagian samping lebih pendek dan biarkan bagian atas sedikit lebih panjang. Kemudian, sisir ke samping dan gunakan gel rambut untuk menghasilkan that sleek look.

BLOW BACK

Gak suka gaya sleek? Coba gaya blow back ala Bruno Mars ini. Sisir ke belakang rambut dan diblow dengan hairdryer. Jangan lupa untuk mengangkat rambut bagian depan supaya sedikit lebih tinggi dan rapikan bagian samping dengan jari-jarimu.

JULIUS-CAESAR

CROPPED JACKET DAN WIDE-LEG TROUSERS ERA 1990AN Jaket dengan potongan cropped akan menjadi pilihan yang lebih baik di tahun depan. Begitu juga dengan celana lebar berpotongan lurus atau pun baggy trousers .Cobalah lebih kreatif dengan memakai jaketnya di pundak atau ikatkan di pinggang untuk gaya era 90an.

Gaya ini cocok untuk kamu yang sporty dan ga mau ribet. Potongan ala Julius Caesar ini identik dengan bagian poni super pendek yang dibawa ke depan. Pastikan juga rambut bagian atas dan samping tidak terlalu panjang, cukup sekitar 1-2 inci. Simple and cool!

FASHION INFO 49


MAKE OVER

teks : WINNALIA LIM

MARISA SRI DEWI A TOTAL NEW LOOK

after

re

befo

Fotografer : Niken Pamikatsih Talent : Marisa Sri Dewi Make-Up by K-See Salon Ruko Kelapa Hijau 1-2, Jl. Anggajaya I, CONCAT (0274) 7411930 Wardrobe by U+2 New Concept JL. Urip Sumoharjo No. 71 Yogyakarta (0274) 512949 Karakter ceria dan enerjik langsung terpancar saat MyMagz bertemu dengan Marisa. Cewek yang akrab disapa Meri ini memang sangat menyukai kegiatan-kegiatan outdoor dan travelling. “Futsal, basket, renang, pokoknya aktif banget deh!,” serunya. Marisa mengaku cuek dengan penampilan kesehariannya. Saat mix and match baju, ia juga sering memadukan tanpa mempedulikan warna-warnanya. “Kalo mix and match sering tabrak lari, temanteman juga sering becandain penampilanku,” katanya. Menyadari bahwa penampilan itu cukup penting, Marisa mulai ingin merubah imejnya sebagai fashion terrorist. Di Makeover MyMagz kali ini, Marisa bereksperimen dengan gaya chic feminism. Meskipun gaya ini baru buat Marisa, cewek asal Sumatra ini sangat antusias mencobanya. 50 MAKE OVER


• Minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi akan membuat Anda susah tidur • Perubahan irama sirkardian yang dapat terjadi ketika Anda bepergian (jet lag) atau terjadi perubaan jam kerja (shift) • Stress tentang sekolah, pekerjaan, keluarga atau hal lain yang traumatik akan membuat pikiran Anda tetap aktif saat malam • Cemas dan depresi dapat menyebabkan gangguan sulit tidur • Faktor lainnya seperti teman sekamar yang mendengkur dan barang-barang elektronik di dalam kamar tidur seperti TV, komputer, DVD, CD player.

INS SO M N I A

ulit tidur atau insomnia adalah gangguan tidur yang ditandai dengan sulit memulai tidur, sulit untuk tetap tidur atau keduanya. Insomnia tidak hanya berupa kuantitas tidur yang kurang, namun juga kualitas tidur yang buruk. Apabila mengalami insomnia, Anda biasanya akan bangun dengan badan yang tidak segar, sulit untuk fokus, badan terasa lemas sehingga dapat menurunkan produktivitas kerja. Insomnia lebih sering terjadi pada perempuan dan lansia. Pada dewasa muda seringkali ditemukan gangguan untuk memulai tidur, sedangkan pada lansia biasanya ada gangguan untuk mempertahankan tidur. Ada tiga jenis insomnia berdasarkan lama menderita, yaitu transient insomnia yang berlangsung dari beberapa hari hingga 1 minggu, insomnia akut yang berlangsung kurang dari 1 bulan dan insomnia kronis jika lebih dari 1 bulan. Gangguan tidur ini dapat disebabkan oleh faktor fisik dan psikologis: • Kondisi kesehatan yang dihubungakn dengan isnomnia antara lain nyeri kronik, kanker, gangguan lambung, gangguan pernapasan, stroke, Parkinson dan Alzheimer.

Insomnia dapat hilang dengan sendirinya apabila pemicunya menghilang. Hal ini berarti untuk mengangani insomnia secara tepat harus dicari dahulu penyebabnya. Ada dua cara mengatasi insomnia, yaitu dengan pengobatan, dimana hal ini harus dilakukan oleh dokter, dan tanpa pengobatan. • Membuat jadwal tidur dan bangun yang teratur • Hindari tidur siang, jika memang diperlukan usahakan tidak lebih dari 1 jam • Tidur dalam keadaan perut terisi, tidak kososng sama sekali atau terlalu penuh. • Lakukan relaksasi, seperti meditasi, mendengarkan music yang lembut dll • Membuat lingkungan yang nyaman untuk tidur, misal penerangan yang redup, suhu yang nyaman dan tidak berisik. • Jika belum bisa tidur antara 20-30 menit, bangunlah dan lakukan kegiatan yang membuat santai. Bila Anda merasa gangguan sulit tidur kian menganggu dan membuat Anda tidak produktif, ini saatnya Anda menemui dokter untuk mencari penyebabnya, sekaligus mencari jalan keluarnya.

dr Farida Niken, Sp.S Dokter Spesialis Saraf/ Neurologi RS “JIH” Jadwal Praktek : Senin s/d Sabtu 07:00 - 08:00 Selasa s/d Kamis 13:00 - 15:00


ART SECTION

RADI ARWINDA Inspirasi Datang dari Belanja Mainan

54 ART SECTION


teks : SISKA RAHARJA - Foto: DOKUMENTASI

satu untuk dibuka dan satu tidak boleh dibuka dari kemasannya, dari situ saya mengambil esensi-esensi yang saya kembangkan menjadi karya,” tukasnya. Radi mengaku antara dirinya berkarya dengan hobi membeli action figure itu adalah semacam siklus. Dirinya membeli mainan untuk membuat karya, karyanya dia jual untuk membeli action figure. “Itu terus berputar, antara hobi saya dengan kekaryaan itu hubungannya sangat erat,” jelasnya.

Ada semacam benturan manis yang terasa ketika kita menikmati karya Radi Arwinda. Seniman Bandung kelahiran 1983 ini menyuguhkan seni tradisi sekaligus seni manga Jepang yang modern. Dengan racikan yang tepat Radi bisa berdiri di tengahnya. “Di rumah saya akrab dengan ornamen-ornamen batik, wayang dan semua seni tradisi oleh keluarga, tapi di sekolah tiba-tiba saya kenal dengan Google 5, Dragon Ball, dan mainanmainan dari Amerika. Di sekolah terus terang saya merasa minder, di rumah saya jarang dibelikan mainan seperti anak-anak yang lain. Akhirnya saya mencoba membuat sendiri, saya mencoba menggambarnya, saya gunting dan saya berdirikan seolah itu action figure, dari sana saya mulai terpancing membuat karya,” kisah Radi.

Percampuran antara hobi mengkoleksi action figure dengan suasana tradisi di rumahnya membuatnya menjadi berdiri tepat di tengah. “Awalnya kan ini saya mengambil layout klasik kaca Cirebon, dari situ ada struktur wandasan, figur, dan awan. Saya mencampurnya dengan idiom manga, sehingga ada percampuran Cirebon dan Jepang,” tukasnya. “Karya saya juga selalu self potrait menggambarkan diri saya sendiri, disitu saya menggambarkan diri saya sendiri secara spiritual, tentang awareness siapa itu saya dan inilah saya,” tambah Radi. Banyak orang menganggap Radi senantiasa menjaga pakem tradisi, padahal tidak. Radi sendiri mengaku dirinya hanya mengotak-atik tradisi dan bersenang-senang di dalamnya. “Kadang-kadang saya terbebani dengan statement kalau berkesenian itu harus dalam, kalau menurut orang lain karya saya dangkal, ya memang begitulah”, ujarnya terus terang. “Saya ingin publik menangkap bahwa pola pikir selalu mengambil jalan tengah itu sendiri adalah ketidakberpihakan, sesuatu yang tidak barat dan tidak timur, tidak modern dan tidak tradisi, saya tidak mau mau berada dalam satu titik”, tutup Radi.

Setelah menjadi seniman, Radi kemudian benarbenar mengoleksi action figure. Jangan remehkan berapa banyak koleksinya. Seluruh dinding kamarnya penuh dengan action figure! Semuanya masih rapi dalam box dan belum pernah dibuka. Radi mengaku memperoleh inspirasi berkarya ketika belanja mainan. Ada rasa tersendiri ketika saya ke toko mainan dan melihat packaging yang rapi. “Saya selalu membeli action figure dua buah, ART SECTION 55


ART INFO

teks : SISKA RAHARJA

PAMELA LOVE - MENDAUR ULANG SENJATA MENJADI PERHIASAN Desainer perhiasan kenamaan Pamela Love bekerja sama dengan Liberty United, membuat perhiasan dari daur ulang senjata illegal dan peluru. Karya seni ini dicap dengan nomor seri senjata asli dari pabrik asalnya. Hasil penjualan perhiasan ini sebagian akan digunakan untuk mendanai program pengurangan senjata api di Amerika Serikat.

NOTORIOUS BALDIES : KOMPILASI KEPALA BOTAK TOKOH-TOKOH TERKENAL Seniman Brazil Fernando Perottoni (aka Mr Peruca) membuat sebuah project bernama Notorius Baldies, sebuah seri ilustrasi yang menampilkan kepala botak dari karakter-karakter terkenal di dunia film dan TV.

PHOTOGRAPHING THOSE WHO HAVE NEVER HAD THEIR PHOTO TAKEN Fotografer Sasha Leahovcenco mengemas barangnya dan memulai perjalanannya ke Siberia, dimana dia mencari orang yang belum pernah tahu rasanya difoto. Ada dua tujuan mengapa dia kesana, pertama untuk menyebarkan rasa peduli dan kemanusiaan. Yang kedua, dia membawa fotografer profesional untuk memotret mereka dan langsung mengeprint fotonya saat itu juga.

KEJU DARI BAKTERI MANUSIA Umumnya, bakteri yang digunakan untuk membuat keju berasal dari keluarga Lactobacillus atau Streptococcus. Namun dalam project seni biologi sintetis Grow Your Own - Life After Nature di Dublin, Irlandia, keju dibuat dari bakteri tubuh manusia! Pembuatnya adalah ilmuwan Amerika, Christina Agapakis dan ahli aroma asal Norwegia, Sissel Tolaas. Keduanya memilih untuk “memanen� bakteri dari beberapa figur publik seperti seniman Olafur Eliasson, kurator Hans Ulrich Obrist dan seorang chef Michael Pollan. Bakteri diambil dari beragam bagian tubuh antara lain hidung, air mata, pusar dan jari kaki.

MAKCIK PROJECT Sebuah platform kolaborasi untuk seniman memulai dengan gagasan bekerja dengan waria, wadam, wanita transgender, transeksual wanita, dll. Proyek yang merupakan salah satu Parallel Event Biennale Jogja XII ini bertujuan untuk berbagi baik pengalaman pribadi dan komunal antara semua peserta dan menerjemahkannya ke dalam sebuah platform berbagi pengalaman dan wawasan dalam kehidupan. 56 ART INFO


PROFIL KARIER

58 PROFIL KARIER


teks: SISKA RAHARJA - Foto: DOKUMENTASI

LILA UNTU “ENTERTAINER SEKALIGUS ENTREPRENEUR”

Buat Lila Untu, sukses adalah gabungan dari karakter seorang pengusaha andal dengan penghibur jempolan. Di usianya yang tergolong muda, Lila bisa membuktikannya. Sejak kecil, perempuan bernama lengkap Yilia Restuaji mengaku tidak suka diatur, sifatnya yang keras kepala bukan berarti berdampak negatif. Lila memang tidak suka diperintah, namun dia memilih untuk membuktikannya dengan prestasi. “Itulah mengapa aku nggak pernah betah kerja sama instansi, padahal keluargaku menginginkan aku kerja sebagai PNS. Aku pernah bekerja di perusahaan komunikasi dan bank, meskipun akhirnya resign tapi aku mendapat banyak link dari situ,” tukas pengidola Maia Estianty ini. Lila sejak kecil sudah bisa menghasilkan uang sendiri, meskipun hanya sebatas performance dance di tingkat Kecamatan dan festival-festival, namun bagi Lila itu adalah sebuah pencapaian yang harus dicatat di perjalanan hidupnya. “Waktu kecil aku mendapat gaji pertama 25ribu, sekarang dari bisnis dan MC aku bisa dapat minimal satu juta rupiah setiap harinya,” ujar Lila. Bakat Lila memang sudah terlihat sejak dia kecil. Kelas 5 SD dirinya sudah membuat orangtuanya terkejut karena dia tiba-tiba bisa main gitar di sebuah pertunjukan. “Bakat bermusik aku pelajari secara otodidak, aku juga belajar keyboard sendiri sejak kecil,” tukas putri dari Aji Sunarno dan Ani Wuryani ini. Dunia entertainment seakan tidak bisa dipisahkan dari lulusan Fakultas Peternakan UGM ini. Lila sering tampil menyanyi di hotel berbintang seperti Jayakarta, Saphir, Ibis dan Melia. Pengalamannya menjadi Marcomm dari sebuah perusahaan telekomunikasi membuatnya terhubung dengan banyak EO. Kesempatan pun menjadi

semakin terbuka luas bagi perempuan kelahiran Yogyakarta, 11 Juli 1987 ini. “Di tahun 2010, Alhamdulillah aku berkesempatan dikirim ke China. Kontrak dari perusahaan rokok juga membuatku bisa keliling Jawa Tengah. Belum kontrak dari perusahaan motor yang bisa mempercayaiku untuk menjadi MC dari Sumatra hingga Sulawesi. Dari situ aku bisa membeli mobil dan rumah sendiri,” kisah perempuan yang menyukai petualangan ini. Lila Untu memang dikenal sebagai MC yang lihai membawa audiens untuk ‘masuk’ ke dalam sebuah event. “Kebanyakan eventku memang ramai dan kocak, aku senang bergabung dengan audiens dan menjadikan mereka menyatu dengan acara, mungkin itu jarang bisa dilakukan oleh MC lain,” tukasnya. Merambah Dunia Entrepreneur Kesuksesan di dunia hiburan tidak lantas membuatnya puas diri. “Aku sadar, jadi MC pasti akan penuh persaingan dengan MC baru. Akhirnya aku merambah dunia bisnis kosmetik. Aku memiliki brand ‘House of Kya’ yang ternyata justru memberiku penghasilan yang lumayan. Bahkan aku bisa mendapat 4 juta rupiah dalam sehari,” kisahnya penuh semangat. Di House of Kya, Lila juga merambah bisnis goat milk dan laundry. “Menurut aku jadi perempuan itu harus saving dan punya skills, nggak harus ketergantungan sama laki-laki, buat apa sekolah tinggi-tinggi kalau cuma di dapur? Jadi perempuan mandiri itu menjadi pilihanku,” tutupnya sambil tersenyum. PROFIL KARIER 59


THE BEST INVENTION

2013

sebuah penemuan terkadang menjadi solusi dari sebuah masalah yang ada, tetapi banyak juga yang diciptakan untuk menjawab permasalahan yang mungkin tidak kita ketahui sebelumnya bahwa itu adalah sebuah permasalahan. sebelum menjadi terlalu rumit, inilah beberapa penemuan yang sempat tercatat di tahun 2013 teks: RYU DEKA

THE DRIVERLESS (TOY) CAR Perusahaan robot asal San Francicso bernama Anki membuat sebuah terobosan dalam produk mainan mobil-mobilan bernama Anki Drive. Mainan seharaga US$200 ini memungkinkan mobil-mobil ini bisa menjalankan kemudinya sendiri. Mobil ini membawa sensor yang terhubung data dengan iPhone atau iPad, dimana penggunanya bisa mengontrol kecepatan dan posisi mobil mereka. Aplikasi Anki akan memandu aksi mobil lawan sehingga bisa beradu seperti mobil balap yang sesungguhnya.

SONY’S SMART LENS

THE INVISIBLE SKYSCRAPER The Tower Infinity di Korea Selatan ini akan menjadi bangunan pencakar langit pertama yang bisa menghilang dari pandangan mata. Tepatnya : menghilang selama beberapa jam perhari. GDS Architects menggunakan kombinasi teknologi LED dan 18 High Definition camera yang tahan cuaca untuk menciptakan nuansa bahwa gedung ini akan menghilang dari pandangan mata dari beberapa sudut pandang. Para arsitek utama meyakinkan khalayak bahwa gedung akan tetap kelihatan bagi burung dan pesawat terbang. Project ini akan diselesaikan dalam 3-4 tahun ini.

Dengan sensor yang besar, kaca berkualitas tinggi serta 3,6X optical zoom, Sony DSC-QX100 ini memiliki segalanya yang dibutuhkan sebuah kamera digital berkualitas tinggi. Uniknya, lensa ini memungkinkan pengguna Android atau iPhone mengambil foto berkualitas tinggi tanpa perlu beralih menggunakan kamera digital sungguhan. Cukup menyambungkan smartphone ke dua lensa pintar ini, pengguna cukup mengunduh aplikasi Sony Play Memories dari Google Play atau App Store. 60 MY ARTICLE


THE CRONUT

THE PLUS POOL

Kolaborasi sempurna antara Croissant dan Donuts, terciptalah Cronut. Kue berbentuk donat tetapi memiliki lapisan garing seperti croissant ini diciptakan oleh koki pastry Dominique Ansel di New York. Finalis James Beard Award 2013 untuk outstanding Pastry Chef ini mengaku bahwa memadukan citarasa Prancis dalam makanan klasik Amerika ini bukanlah hal yang mudah. Tapi sejak diperkenalkan pada Mei 2013 lalu, masyarakat New York menyambutnya dengan suka cita dan rela mengantri untuk mendapatkan kue seharga US$ 5 ini. Bahkan kini sudah mulai memasuki pasar Indonesia.

Seperti pepatah sekali dayung dua pulau terlampaui, kolam renang ukuran Olympic berbentuk ‘plus’ ini memang memiliki manfaat ganda. Selain memberikan tempat bagi warga New York untuk berenang, sistem filtrasinya yang unik juga membantu membersihkan air sungai. Project senilai US$ 15 juta ini memberikan kesempatan bagi warga New York untuk menyelam di kedalaman air yang bersih untuk pertama kalinya sejak 100 tahun terakhir. Direncanakan akan selesai pada musim panas 2016 yang akan datang.

GRAVITY’S LIGHTBOX Sudah nonton “Gravity”? Film yang keseluruhan settingnya berada di luar angkasa garapan Alfonso Cuaron ini dianggap menjadi terobosan baru bagi dunia film, khususnya film bergenre sci-fi. Bekerjasama dengan cinematographer Emmanuel Lubezki dan VFX supervisor Tim Webber, ia menciptakan sebuah ‘lightbox’. Sebuah kotak yang diselimuti 196 panel berisi 4.096 lampu LED untuk mensimulasikan cahaya ekstrim di luar angkasa. Kotak ini juga mampu menampilkan gambar yang akan ditambahkan oleh CGI, sehingga para aktornya bisa memiliki referensi visual untuk memandu akting mereka.

REWALK Penemuan ini tentu sangat disambut baik bagi mereka yang menderita Paraplegia atau penurunan fungsi motor atau sensorik dari ekstrimitas bawah. Inovasi ini dikembangkan oleh ilmuwan tuna daksa asal Israel, pemakainya akan bertumpu pada sensor yang bisa mengantisipasi pergeseran keseimbangan, dan mengubahnya kedalam gerakan berjalan dan berdiri. Alat ini sudah tersedia di Eropa, pernah dipakai dalam salah satu episode “Glee” dan saat ini sedang ditinjau oleh FDA (Food and Drug Administration) agar dapat dipergunakan di wilayah Amerika Serikat.

MY ARTICLE 61


MY INTERVIEW

ADHITIA SOFYAN BERAWAL DARI KAMAR HINGGA KE NEGERI SAKURA

Adhitia Sofyan, dikenal sebagai musisi yang sering merilis albumnya secara digital dan membagikannya secara gratis via unduh. Dari menulis dan merekam lagu-lagunya di kamar tidur, ia merajai berbagai chart radio lokal dan nasional. Ditemui MyMagz di salah satu gigs di Yogyakarta, Adhitia Sofyan bercerita mengenai kisah musiknya. 62 MY INTERVIEW


teks: EDWINA PRIMANANDA - foto: ILLHAM TRIYASTANTO

Halo, lagi sibuk apa nih sekarang? Kantor dan keluarga. Kantor itu dari dulu kan gue orang iklan, ada kantor iklan sendiri di bidang digital advertising. Kalo keluarga ya ngurus anak, nganter ke sekolah, gendong bayi, siapin bekel, ganti pampers. Besoknya kerja lagi, main PS, terus sekali-kali bermusik. Iya, bermusiknya sekali-kali aja. Lebih dikenal sebagai bedroom musician, apakah memang selalu nyiptain lagu dari kamar? So far selalu di kamar. Ngutak-ngatik musik dari dulu di kamar. Karena ya sekarang peralatan musik bisa banget dibawa ke kamar, tinggal belanja-belanja gear. Gue ke studio kalo latihan aja sama anak-anak, kalo kita mau manggung dan pakai formasi band. Selain itu sih, ngutak ngatik dan genjreng-genjreng selalu di kamar. Mengenai album ketiga, How To Stop Time, kenapa tuh judulnya mau memberhentikan waktu? Itu ada dua sisi sih, sisi dimana gue lagi capek dan sibuk-sibuknya sama rutinitas sehari-hari jadi kadang terlintas bisa memberhentikan waktu. Di sisi lain, gue kemaren kan sempet perform di Jepang selama 10 hari, itu mengesankan banget dan kalau aja waktu bisa diberhentiin pengen banget bisa berlama-lama di sana. Kenapa memilih untuk nyebarin musik di social media dan secara free download ? Apa gak takut semena-mena dibajak? Pertama social media itu tidak sengaja untuk dipilih. Itu kan perkembangan dari kehidupan, udah embedded di situ. Kita kan sekarang mau ngapa-ngapain lewat social media, entah itu musisi, ibu rumah tangga, semua komunikasi di situ. Kalo lagu free download, karena dari awal mulanya gue gak ada kepikiran nyari uang di musik. Jadi gak ada serius bikin musik gimana gue harus promo jualan segala macem ya. Jadi ya bikin musik terus dibagi-bagiin aja, sampe sekarang begitu.

banget nontonnya duduk, diem. Jadi antara gak ngerti, apa musik gue bener-bener bagus atau mereka emang udah kebiasa disiplin, jadi ya kalau jelek banget pun mereka nontonnya serius. Itu masih jadi misteri. (sambil tertawa) Kalau mengenai crowd Jogja, gimana nih? Crowd Jogja selalu asyik. Jogja itu selalu apresiatif. Sing along-nya lebih rajin, itu yang menyenangkan. Jogja selalu memperhatikan, seperti di Jepang, tapi lebih antusias hehe. Berbicara mengenai influence, siapa saja sih influence musikmu? Banyak cari di Youtube musisi-musisi baru, banyak cari channel baru. Kalo yang basic sih Iron and Wine, City and Colour, apa pun orang-orang yang pake baju kotak-kotak dan megang gitar akustik itu gue perhatikan. Coba dong deskripsikan musik Adhitia Sofyan? Musik comfort, musik bengong, musik buat sendirian. Musik yang bikin lo akhirnya bisa ngantuk dan tidur. Ya musik santai, musik istirahat. Ada rencana untuk berkecimpung sepenuhnya di musik? Ada, kalo menghasilkan ya bisa jadi. Tapi so far selama lima tahun duitnya gak cukup kalo gue cuma hidup dari musik. Kan kita bukan musisi established yang ada label besar dan sponsor, gue kan musisi do it yourself.

Bisa diceritain gimana pengalaman manggung di Jepang? Gimana apresiasi orang-orang Jepang sana? Antusiasme sih gue pikir orang Jepang apresiatif ya, apa yang mereka tonton itu ya mereka serius MY INTERVIEW 63


MY FRIENDS

teks: WINNALIA LIM

ain’t

Growing Up!

MASA KANAK-KANAK YANG BAHAGIA PASTI MEMBUATMU INGIN MEMILIKI MESIN WAKTUNYA DORAEMON UNTUK MENGINTIP LAGI MASA KECILMU. KALI INI, TEMAN-TEMAN MYMAGZ BERBAGI CERITA TENTANG MASA KECIL MEREKA YANG TAK TERLUPAKAN. WELL, HOW WAS YOUR CHILDHOOD?

Santika

“My childhood? Full of daydreams!” MAINAN ATAU GAME FAVORIT PAS KECIL? Game Tetris dan masak-masakan. YANG PALING DIKANGENIN DARI MASA KANAK-KANAK? Kenekatan dan curiosity. Karena masih kecil, semuanya berani dicoba tanpa harus mikir yang macammacam. HAL PALING NAKAL YANG PERNAH KAMU LAKUKAN PAS KECIL? Mencet bel rumah tetangga terus kabur naik sepeda . Hehe. PAS KECIL, PERNAH NGAYAL JADI APA DAN KENAPA? Astronot, karena penasaran sama planet-planet asal sailormoon. UNFORGETTABLE MEMORY? Pergi ke telepon umum dekat kompleks, bawa uang logam sebanyak-banyaknya, terus ngobrol dengan teman satu sekolah selama sejam padahal besoknya ketemu. Now it sounds ridiculous. TOKOH KARTUN KESUKAAN? Winnie the pooh. Punya banyak teman dan bisa main masakmasakan kapanpun dia mau. So envy! 64 MY FRIENDS

Rexy

“I was a shy little kid” MAINAN ATAU GAME FAVORIT PAS KECIL? Suka main sepak bola dan petak umpet. YANG PALING DIKANGENIN DARI MASA KANAK-KANAK? Tidur siang! Dulu kalau pulang sekolah pasti tidur siang, haha. HAL PALING NAKAL YANG PERNAH KAMU LAKUKAN PAS KECIL? Berantem pas pramuka. PAS KECIL, PERNAH NGAYAL JADI APA DAN KENAPA? Pengen jadi arsitek, soalnya suka gambar dan sempat mikir arsitek itu keren bisa bikin rumah.

Ravega

“One word: FUN!” MAINAN ATAU GAME FAVORIT PAS KECIL? Mainan power ranger. YANG PALING DIKANGENIN DARI MASA KANAK-KANAK? Aktif banget, sering ikut lomba macem-macem.Hehe. HAL PALING NAKAL YANG PERNAH KAMU LAKUKAN PAS KECIL? Ga nakal juga sih pas kecil, paling cuma suka gangguin teman, hehe. PAS KECIL, PERNAH NGAYAL JADI APA DAN KENAPA? Pengen jadi penjahat dan bandit. UNFORGETTABLE MEMORY? Ke Jepang

UNFORGETTABLE MEMORY? Lari nabrak meja kaca sampai hidung TOKOH KARTUN KESUKAAN? Venom di spiderman. patah. TOKOH KARTUN KESUKAAN? Gak begitu suka kartun sih. Hehe.


?

“Kalau saya beli apartemen, jenis hak atas tanah yang mana yang saya dapatkan? Hak milik atau hak guna usaha?”~ Reza (via e-mail)

Halo Reza, Hak Guna Usaha (HGU) diberikan terhadap tanah yang digunakan untuk usaha pertanian, perikanan atau peternakan (Pasal 28 UU 5/1960). Bila anda membeli apartemen maka anda akan memperoleh sertifikat kepemilikan unit apartemen yang disebut Sertipikat Hak Milik atas Satuan Rumah Susun (SHMSRS) atas nama anda sendiri. Disamping SHMSRS tersebut, para pemilik unit apartemen melalui Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun akan memiliki sertifikat tanah yang statusnya dapat berupa Hak Milik (SHM), Hak Pakai (HP), Hak Guna Bangunan (HGB) atau Hak Pengelolaan (HPL). www.maheka.com / www.arindra.asia Rubrik Hukum Bisnis dan Hak Kekayaan Intelektual

Di rubrik ini, pembaca dapat bertanya perihal aspek hukum dalam bisnis (misal pendirian usaha, perjanjian, franchise) dan hak kekayaan intelektual (misal paten, merek, copyright, desain industri). Rubrik ini diasuh oleh tim lawyers Maheka & Co. dan Arindra Paten Indonesia yang telah mendampingi lebih dari 100 klien korporasi dan pebisnis di Indonesia. Pertanyaan dapat dikirimkan ke redaksi MyMagz via email : my_magazine@yahoo.com, selambatnya tanggal 5 tiap bulannya.

MY EVENT

PAMERAN TUNGGAL HAPPY MART Diadakan di Lir Art Space pada 6 Oktober, pameran tunggal Mahaputra Vito yang mengusung judul “Happy Mart : Happy Faces, Happy Shopping and Money Keeps Coming” ini resmi dimulai. Judul yang diambil dari karya Farid Stevy Asta ini sengaja dipilih karena ia tertarik dengan bahasan mengenai pola konsumsi budaya berbelanja masyarakat urban di pasar modern. Dalam pameran tunggal pertama ini, ia berkolaborasi dengan empat musisi Rio Faradino (keyboardis FSTVLST), Jono Terbakar, Nibanna A True Happiness (N.A.T.H.), dan Ben Harlem. Ia juga berkolaborasi dengan Eno P.W seorang seniman pop up, fotografer Nikolas Setiaji serta kolaborasi dengan RAR Funzine, sebuah majalah fotocopy yang berbasis di Yogyakarta dan Magelang. Dan ada juga kolaborasi dengan food stall Ketoprak Kujang.


90

‘s THINGS,

REMEMBER THEM?

ngaku anak era 90an? Coba check list dulu hal-hal di bawah ini di ingatanmu! teks: WINNALIA LIM

TELEPON UMUM DAN WARTEL

Sebelum handphone dan gadget berkembang, telepon umum dan wartel menjadi tempat yang ramai dikunjungi. Banyak yang menghabiskan koinan Rp 100 perak untuk telponan di telepon umum dan wartel untuk PDKT sama gebetan supaya tidak ketahuan orang tua atau sekedar ngerjain teman sekolah. Sebuah rumor mengenai nomor telepon setan pun sempat beredar di kalangan pengguna jasa wartel dan telepon umum. Rumor tersebut mengatakan bahwa dengan menelepon ke nomer tertentu, kita bisa terhubung ke alam neraka. Sayang, sekarang wartel dan telepon umum sudah hampir tidak ditemukan lagi keberadaannya.

BONEKA SUSAN DAN RIA ENES Boneka Susan sempat menjadi obsesi anak perempuan pada era 90an. Hampir setiap anak perempuan ingin mempunyai boneka susan dan mengira bahwa boneka tersebut memang bisa berbicara seperti manusia. Ria Enes, ventriloquiste yang mengisi suara boneka susan pun menjadi idola anak-anak pada saat itu. 66 MY ARTICLE


PERMEN WHITE RABBIT Permen legendaris ini sangat disukai oleh anak-anak karena bungkusnya yang bening juga bisa dimakan. Dibungkus dengan kemasan bening bergambar kelinci putih, permen yang terbuat dari susu ini membuat anak-anak ketagihan dengan rasanya manis dan tidak lengket di langit-langit mulut. Sampai sekarang, Permen White Rabbit masih mempertahankan bungkusannya yang khas walaupun peredarannya sudah tidak sebanyak dulu lagi.

GAME ULAR NOKIA

Kalau anak-anak zaman sekarang menggilai Plant VS Zombie atau Candy Crush, anak-anak era 90an sudah puas dengan game ular yang ada di Hp Nokia jadul. Game ular ini menjadi satu-satunya hiburan saat handphone hanya bisa digunakan untuk sms dan telepon. Ular yang awalnya pendek terus mengejar dan memakan makanan yang berpindah-pindah supaya tambah panjang. Meskipun dimainkan di layar yang sangat kecil, kamu bisa menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk memanjangkan ular itu.

JAGOAN NEON

Ini juga salah satu permen yang sempat heboh karena bisa bikin lidah yang memakannya menjadi biru. Selain karena rasanya yang manis, pembeli juga bisa mendapatkan hadiah berupa tattoo temporer setiap pembelian. Dengan ikon beberapa tokoh berambut punk warna-warni, Jagoan Neon membuat anak-anak ingin terus menjulurkan lidah setelah mengisap permen ini.

WALKMAN

Dulu, kalau sudah punya Walkman, kamu langsung dianggap orang paling mengerti musik dan paling cool sedunia. Walkman mengubah kebiasaan mendengar musik sehingga seseorang dapat mendengarkan musik di mana saja dengan memasangkan headset. Syarat supaya bisa menggunakan Walkman ini adalah kamu harus membeli CD atau kaset musik yang ingin kamu dengarkan. Tidak jarang, CD atau kaset yang diputar tiba-tiba macet dan kamu harus mematikan dan mengulangnya dari awal. Walkman yang ada sekarang sudah berevolusi dengan menggunakan Mp3 sehingga lebih praktis bagi penggunanya.

MY ARTICLE 67


68 MY ARTICLE


MY ARTICLE

MAKAN SERANGGA SOLUSI KRISIS PANGAN DUNIA 70 MY ARTICLE

Makan serangga? Mungkin hal yang pertama terlintas adalah perasaan geli atau jijik. Tapi tunggu dulu, serangga ini telah menjadi solusi potensial krisis ketahanan pangan dunia. PBB dan FAO bahkan sudah menyarankan serangga sebagai panganan lauk sehari-hari. Ke depannya, mungkin saja belalang dan jangkrik akan menjadi cemilan asyik kala menonton televisi. Menurut para ahli gizi, serangga adalah sumber protein yang cukup baik. Di samping vitamin, mineral dan lemak, serangga juga menjadi sumber energi. Misalnya, ulat sutera (Bombyx mori) dan ulat Hong Kong (Tenebrio molitor) mengandung energi ratarata 5 -6,5 kkal/g berat kering. Seratus gram larva ngengat sutera raksasa menyediakan 100% kebutuhan harian tubuh akan tembaga, seng, besi, thiamin, dan riboflavin. Luar biasa bukan?


teks: EDWINA PRIMANANDA

PBB juga menyebutkan, mengkonsumsi serangga dapat meningkatkan gizi dan mengurangi polusi. Serangga dikenal sebagai hewan yang ramah lingkungan, karena memproduksi gas rumah kaca jauh lebih rendah dibandingkan ternak lain. Ditambah lagi, serangga juga dianggap ‘sangat efisien’ untuk dijadikan pangan. Contohnya jangkrik, hanya perlu diberi makan 12 kali lebih rendah dari ternak untuk menghasilkan kandungan protein yang sama. Apalagi, dipermudah fakta bahwa serangga ada di manamana, bereproduksi secara cepat, serta memiliki pertumbuhan tinggi. Tapi nampaknya seruan PBB ini adalah tantangan terberat bagi negara Barat, karena masyarakat Eropa umumnya merasa jijik mengkonsumsi serangga. Berbeda dengan Thailand, yang justru mempromosikan serangga sebagai sumber makanan berprotein. Kemudian, tidak semua orang bisa mengkonsumsi serangga. Beberapa kejadian yang pernah dijumpai adalah gejala alergi pada beberapa orang yang rentan terhadap alergen, berupa bentol-bentol merah di sekujur tubuh dan rasanya panas dan gatal. Belum lagi, jika mencoba mengkonsumsi serangga herbivora, maka kita akan berhadapan dengan risiko kontaminasi logam berat seperti timah yang terakumulasi di dalam tubuh atau dari pakan serangga yang bersangkutan. Nah, tertarik mencoba bagaimana rasa sate ulat atau capung balado? Mungkin beberapa tahun mendatang, makanan-makanan dari serangga ini akan disahihkan dan lumrah dijumpai sebagai lauk bergizi. Sangat mungkin, apalagi mengingat kondisi krisis pangan dunia yang makin merebak. Yuk, siap-siap berburu jangkrik!

MY ARTICLE 71


MY EVENT

NGAYOGJAZZ 2013

in harmony with jazz

H

ujan deras tidak memadamkan semangat para pencinta musik untuk menyaksikan Ngayogjazz 2013. Pesta Jazz tahunan ini kembali hadir dengan konsep jazz for all yang bisa dinikmati oleh semua kalangan secara gratis. Memasuki tahun ke-7 nya, Ngayogjazz 2013 bertemakan “Rukun Agawe Jazz” dan menampilkan tidak hanya musik jazz, tapi juga menyediakan panggung khusus yang didedikasikan untuk pentas kesenian tradisional. Sebanyak 38 musisi dan band jazz yang tersebar di 5 panggung, turut meramaikan Ngayogjazz 2013. Pada pagelaran yang diselenggarakan di desa Sidoakur ini, penonton juga terhibur oleh penampilan dari musisi jazz asing seperti Baraka (Jepang), Jerry Pellegrino (AS), Brink Man Ship (Swiss), dan Erik Truffaz (Prancis). Sedangkan musisi jazz kawakan tanah air yang turut berpartisipasi di antaranya ada Idang Rasjidi, Oele Pattiselano, Chaseiro, Nita Aartsen dan Monita Tahalea. Konsep Ngayogjazz yang jauh dari kesan glamor dan eksklusif ternyata mendapat acungan jempol dari para musisi manca negara. Baraka, band Jazz asal Jepang yang pertama kali tampil di Indonesia mengaku terkesan melihat banyaknya warga desa yang juga menikmati musik jazz. “Konsepnya unik, semua orang enjoy, ini membantah persepsi kalau jazz hanya untuk kaum elit” ujar Issei, gitaris Baraka. Ngayogjazz 2013 selain sebagai konser musik, juga sebagai suatu wadah bagi band dan musisi jazz muda untuk menunjukkan karya mereka. “ Ngayogjazz menjadi suatu ajang bagi komunitas dan band jazz untuk menginagurasikan karyakaryanya dan animo masyarakat cukup besar terhadap musik jazzer muda,” kata Adit, salah satu performer dari Solo Jazz Society. Di samping Solo Jazz Society, Ngayogjazz juga mengundang komunitas jazz dari Solo, Pekanbaru, Semarang, Balikpapan, dan Jogja sendiri. 72 MY EVENT

teks: WINNALIA LIM foto: ILLHAM TRIYASTANTO


MY EVENT

NOT A DEAD END

Biennale Jogja XII Equator #2

“PERJUMPAAN INDONESIA DENGAN KAWASAN ARAB” Sejak 1988, Biennale Jogja telah menjadi perhelatan seni rupa paling kuat dan konsisten di Indonesia. Biennale Jogja juga memberikan kontribusi penting bagi dinamika dunia seni, baik lokal maupun regional, di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara. Dalam waktu 10 tahun sampai tahun 2022, Biennale Jogja meluncurkan seri Biennale Equator, yang menetapkan lokasi katulistiwa sebagai premis utama dan wilayah kerjanya. Dalam setiap penyelenggaraannya, Biennale Jogja akan bermitra dengan satu atau lebih negara, dan mengundang para seniman serta komunitas seni dari negara-negara mitra terpilih, untuk berkolaborasi, berkarya, berpameran, bertemu dan berdialog dengan seniman, kolektif, organisasi dan komunitas budaya, di Indonesia, khususnya Yogyakarta. Pada tahun 2011, seri Biennale Equator dimulai dengan pertemuan dengan India. Biennale Jogja XII berfokus pada pertemuan antara Indonesia dan lima negara di kawasan

Arab, yaitu Arab Saudi, Mesir, Oman, Uni Emirat Arab, dan Yaman. Dikuratori oleh Agung Hujatnikajennong (Indonesia) dan Sarah Rifky (Mesir). Diselenggarakan pada 16 November 2013 hingga 6 Januari 2014, premis kuratorial dalam perhelatan ini mengambil inspirasi dari migrasi berbagai orang dan benda yang sudah berlangsung sepanjang sejarah perjumpaan Indonesia dan wilayah Arab. Biennale Jogja XII tidak hanya menampilkan karya dan seniman dari Indonesia dan wilayah Arab (berdasarkan paspor/ kebangsaan). Ini merupakan sebuah konsekuensi dari mengambil ‘mobilitas’ sebagai salah satu satu kata kunci dalam pameran. Yayasan Biennale Yogyakarta
Taman Budaya Yogyakarta Jl. Sri Wedani No.1 Yogyakarta, Indonesia
Telp: +62 274 587712 Surel: the-equator@biennalejogja.org www.biennalejogja.org MY EVENT 73


MY EVENT

FABER CASTELL: UNIKNYA KOTAKU Faber Castell kembali menggelar lomba menggambar. Kali ini mengusung tema “Uniknya Kotaku” dengan media hitam putih dan menggunakan Graphite Aquarelle, produk premium drawing dari Faber Castell. Acara yang digelar di Kampus MSD Yogyakarta (3/10) ini diikuti oleh kurang lebih 252 peserta. Kedepannya, para pemenang selain mendapatkan hadiah uang tunai dan sertifikat, karya para pemenang juga berkesempatan untuk ditampilkan dalam pameran nasional Faber-Castell yang diakan pada Januari 2014 mendatang.

EASTPARC: JALANKAN TEKNOLOGI RAMAH LINGKUNGAN BERSAMA PHILIPS Satu lagi, hotel bintang lima hadir di Yogyakarta. Eastparc hadir dengan mengusung konsep Garden City Hotel yang berkomitmen untuk menjaga kelestarian alam. Bersama dengan Philips, hotel yang dibangun di atas tanah seluas 1,2 hektar dengan total 193 kamar Deluxe dan Suite Room memakai lampu Philips LED dan PLC di semua area hotel, sehingga pemakaian energi listrik di hotel bisa dikontrol menjadi sangat hemat dan ramah lingkungan.

GRAND OPENING 2ND STORE MICHIGO

INAUGURAL FLIGHT SILKAIR

Tak cukup dengan membuka gerai di kawasan Jalan Kolombo Yogyakarta, restoran makanan Korea MichiGo melebarkan sayapnya dengan membuka cabang baru di Plaza Ambarukmo Lantai 3 pada Sabtu (9/11). Fajar Handika, Founder CEO MichiGo menyatakan alasannya, “Kami memilih area ini karena Plaza Ambarrukmo ini banyak sekali dikunjungi dan merupakan mall terbesar di Yogyakarta,” ujarnya. Pada Grand Opening tersebut, MichiGo juga memperkenalkan berbagai menu Korea terbarunya. Menu-menu tersebut antara lain Galbi Tang, Jjajangmyun, Ramyun, Kan Pung Gi, Kan Pung Gi Bap, dan Jap Chae. Semua menu di MichiGo disajikan secara halal dan dengan konsep interior nuansa Korea.

Selamat datang SilkAir di tanah Ngayogyakarta! Melihat kota Jogja sebagai destinasi tujuan wisata kedua di Indonesia setelah Pulau Bali, SilkAir yang masih anak perusahaan dari Singapore Airlines ini membuka direct flight JOG-SIN yang terbang 3 kali dalam seminggu (Senin, Jumat, dan Minggu). Acara yang diresmikan oleh Leslie Thng (Chief Executive SilkAir) dan Tasbir Abdullah (Kepala Dinas Pariwisata DIY) bertepat di landasan pacu Adisucipto (25/10).

74 MY EVENT


MY EVENT

HOTEL GRAND ASTON: GRAND LAUNCHING QUICK LUNCH

GRAND OPENING SUSHI TEI IRASSHAIMASE!

Rabu (20/11), Hotel Grand Aston Yogyakarta mengadakan grand launching promo menu menarik bertajuk Quick Lunch. Menu ini berupa paket makan siang lengkap dan free flow iced tea seharga Rp 55.000 net/porsi. Promo ini juga memiliki jargon “Twenty Or Free”, jaminan makanan akan disajikan dalam 20 menit atau menu yang dipesan akan diberikan gratis. Menu yang ditawarkan setiap harinya berbeda dengan ragam masakan Western, Asian, dan Indonesian. Quick Lunch ini dapat dinikmati pukul 12.00-15.00 di Saffron Restaurant.

Sushi Tei is open for business! Setelah sekian lama dinantikan, Sushi Tei akhirnya hadir di Jln. Gejayan Komplek Colombo No.9. Outlet sushi internasional ini menyediakan pilihan menu salad, sashimi, sushi dari tradisional hingga fushion serta berbagi jenis masakan jepang seperti Tempura, Nabemono, Udon sampai dessert khas Jepang dengan tampilan yang menarik. Menu andalan yang wajib dicoba yaitu Jumbo Dragon Roll yang terdiri dari kombinasi daging kepiting dan tempura udang dilengkapi dengan unagi dan alpukat.

OAXAC ART AND CULINARY IN ASIA

PELUNCURAN STUDY-ING BABAD JAZZ

Departemen Kebudayaan dan Seni Oaxaca (Meksiko) dengan dukungan Kedutaan Besar Meksiko di Indonesia menyelenggarakan pameran seni “Kehadiran Oaxaca di Asia” pada tanggal 23 November- 20 Desember 2013 di Tembi Gallery. 40 lukisan karya seniman Oaxaca, di antaranya ada 2 lukisan dari seniman legendaris Rufino Tamayo, yang telah ditampilkan di berbagai museum di dunia. Bertepatan dengan event tersebut, Hotel Melia Purosani juga menggelar “Mexican Gastronomy Week” dari tanggal 23 November – 14 Desember. Berbagai menu dari resep asli Mexico seperti Totopos con Guacamole, Echiladas de Rojas, Cheviche de Camaron, Agua de Horchata dapat dinikmati di El Patio Restaurant di hotel tersebut.

Bertepatan dengan digelarnya Ngayogjazz 2013, Komunitas Jazz Mben Senen meluncurkan album kompilasi bertajuk “Study-Ing Babad Jazz” yang berisi 11 komposisi daur ulang karya musisi jazz yang populer pada eranya yang dibawakan oleh band jazz lokal seperti Page Five, MuchiChoir, Berempat Feat Dewa, dan lainlain. Masing-masing lagu di album kompilasi ini merepresentasi jazz pada 11 era, yang terdiri dari aliran jazz yang beragam seperti blues, swing, fusion, bossanova, dan RnB.

MY EVENT 75


76 ADVERTORIAL


my tweet

hadiah oleh:

media partners:


MyMagz #20 "PLAYFUL"  

Yogyakarta Culture, Lifestyle, Community, Profile, Fashion & Event.