SPEKTA JUWARA ebook

Page 1

Akh i r T

1

un

2 20

ah

Ca t a t an

SPEKTA

SPEKTA

JUWARA DALAM ANGKA

SURVEY JUWARA

Rangkuman kegiatan Juwara sepanjang tahun 2021, survey terbaru dari Komunitas Juwara, pemenang hadiah utama SPEKTA JUWARA 2021 dan kumpulan cerita menarik lainnya dari Komunitas JUWARA Mitra Bukalapak


Daftar Isi 05

Dari CEO Bukalapak

04 Juwara Dalam Angka 05

Survei Juwara

06

Keseruan SPEKTA Juwara

10

Perpustakaan Juwara

13

Kapten Juwara

17

Dari Tim Juwara

21

Beragam Kegiatan Juwara

22

Kilas Balik Juwara

26 Terima Kasih


Dari CEO Bukalapak Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan teman-teman Mitra Bukalapak dan juga Juragan untuk tumbuh dan berkembang sepanjang tahun 2021 ini bersama Bukalapak. Melalui booklet ini, saya harap bisa bermanfaat dan menjadi penyemangat bagi teman-teman Mitra dan Juragan untuk terus membangun dan meningkatkan usahanya di tahun-tahun kedepan.

Saya dan rekan-rekan Bukalapak akan menantikan cerita-cerita sukses lainnya dari teman-teman Mitra dan Juragan di tahun selanjutnya untuk terus memajukan perekonomian Indonesia. Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh - Rachmat Kaimuddin

Spekta | 03


JUWARA - 1

Juwara Dalam Angka Kalimantan 1.74 %

Sulawesi 10.76 % Maluku & Papua 0,01 %

Sumatera 11,25 %

Jawa 75.34 %

Bali & Nusa Tenggara 0.77 %

62,545 Total Anggota Komunitas Juwara per 16 Desember 2021

Spesial Kumpul Juwara

5.658

Peserta Kopdar SKJ Sepanjang 2021

dari anggota juwara Mitra

71,2 % Bukalapak adalah laki-laki

grup regional 157 Jumlah WA JUWARA

SPEKTA | 04

di Seluruh 53 Dearah wilayah di Indonesia

80x

Kopdar SKJ terlaksana sepanjang tahun 2021


JUWARA - 2

Survei Juwara Setiap bulan, Komunitas Juwara selalu mengadakan Survei berkala untuk memastikan Komunitas Juwara bisa memberikan dampak baik bagi juragan-juragan dalam meningkatkan pengkasilan dan kemampuan mengelola bisnis warung. Yuk kita lihat tingkat kepuasan juragan terhadap beragam konten dan informasi di Juwara berdasarkan Survei dari Januari - November 2021.

Berdasarkan Survei Juwara, lebih dari 90% responden merasa Komunitas Juwara bisa menjadi pilihan yang tepat untuk meingkatkan kemampuan bisnis dan warung juragan serta lebih dari 80% merasa puas dengan konten yang dikirim Admin Juwara setiap hari di Grup Juwara. Terima kasih kepada 4.328 juragan yang telah mengisi survei sepanjang tahun 2021!

SPEKTA | 05


SPEKTAJUWARA - 1

KESERUAN SPEKTA JUWARA 2021 Komunitas Juwara Mitra Bukalapak menutup tahun 2021 dengan menggelar kegiatan SPEKTA JUWARA atau Spesial Akhir Tahun Juwara pada Kamis, 16 Desember 2021. Kegiatan ini berlangsung secara virtual melalui Zoom dan Youtube Mitra Bukalapak. Meskipun secara virtual, namun semangat dan antusiasme juragan-juragan yang hadir amat terasa. Ada 3,220 juragan yang hadir melalui Zoom dan Youtube, turut hadir juga memeriahkan acara, Bang Rachmat Kaimuddin selaku CEO Bukalapak serta Bang Caca Handika, Brand Ambassador Mitra Bukalapak. Selama dua jam, juragan mengikuti SPEKTA JUWARA yang bertabur beragam hadiah, sambil belajar Menata Warung bersama Bang Yudha Febfrin dari Tim Bisnis Mitra Bukalapak. SPEKTA | 06


SPEKTAJUWARA - 2

BELAJAR MENATA WARUNG DI SPEKTA JUWARA Salah satu hal seru dari SPEKTA JUWARA adalah juragan bisa belajar Tips MENATA WARUNG bersama Bang Yudha Febrin dari Tim Bisnis Mitra Bukalapak. Ada 8 tips dari Bang Yudha saat melakukan penataan warung. 1. Gunakan Rak Barang 2. Pengelompokkan Barang 3. Prioritaskan Kebutuhan Primer 4. Menarik Perhatian 5. Pencahayaan 6. Cantumkan Label Harga 7. Lokasi Meja Kasir 8. Pemasangan Nama Warung Juragan bisa membaca lebih lengkap materi terkait penataan warung di Perpustakaan Juwara ya! Selain itu, juragan bisa mengunduh gratis modul pdfnya untuk dibaca sambil jaga warung! Semangat #WarungNaikKelas juragan!

SPEKTA | 07

Moh Juhaidin Juragan Bekasi Sangat menyenangkan bisa lihat langsung para juragan dan acara lumayan seru. Alhamdulillah dapet ilmu bagaimana cara menata warung yg baik dan benar.

Sri Santi Naibaho Juragan Medan Selama mengikuti acara spekta juwara saya mendapat wawasan tentang warung agar naik kelas ke lebih yang baik dari tata susun dan penempatan.

DYAH FITRIA P. Juragan Depok Sangat terkesan dengan pengalaman sharing juragan lain dari awal meniti toko sampai besar Dan ilmu untuk menata toko supaya menarik jadi ilmu baru buat saya


SPEKTAJUWARA - 3

PEMENANG HADIAH MOTOR SPEKTA 2021

IPA PAHRUNISA - JUWARA GARUT Saya Ipa Pahrunisa dari Juragan Garut, Bergabung di MBL dari tahun 2018 dan bergabung di komunitas Juwara pada tahun 2019. Pada tanggal 16 Desember saya mengikuti acara tahunan SPEKTA JUWARA, seperti biasa acara dimulai dengan perkenalan, kemudian pemberitahuan urutan acara, penjelasan materi, dan sampai pada acara doorprize, awalnya saya pasrah saja karena dari hadiah awal sampai hadiah yang terakhir nama saya tidak kunjung muncul dan hanya lewat saja, akan tetapi hadiah doorprize utama ada rules kalo sampai hitungan ke 45 belum ada konfirmasi berarti kocok ulang, sudah 3x kocok masih belum ada yang konfirmasi. Pada saat itu hati saya terus mengucapkan shalawat dan username saya keluar, hal yang tidak di sangka-sangka sampai saya tidak bisa berkata apa-apa, mimpi apa saya semalam? saya juga tidak tahu, di zoom juga saya gelagapan gak tau harus bilang apa saking tidak percaya. Gemetar tangan saya, baru kali ini dapat doorprize utama rasanya bahagia dan ingin menangis karena memang sudah lama sekali saya ingin membeli motor, hanya saja terkendala di ekonomi. Alhamdulillah Tuhan memberikan rezeki saya lewat Mitra bukalapak dan menjadi jembatan harapan saya. Saya ingin mengucapkan banyak terima kasih telah memberikan kesempatan kepada saya untuk memenangkan doorprize berupa 1 unit motor. Semoga MBL semakin sukses. Terima kasih MitraBukalapak, #Bangkit Bareng Untung Bareng #Salam Warung Naik Kelas

SPEKTA | 08



PERPUSTAKAANJUWARA - 1

BELAJAR BISNIS WARUNG JADI MUDAH Sejak tanggal 22 November lalu, Mitra Bukalapak mengeluarkan fitur belajar di Aplikasi bernama PERPUSTAKAAN JUWARA. Melalui perpustakaan Juwara, juragan bisa mengakses beragam panduan fitur Mitra Bukalapak, Tips dan Trik seputar Bisnis Warung dari Mitra Bukalapak, Komunitas Juwara maupun tips dari sesama juragan pemilih warung. Perpustakaan Juwara merupakan salah satu usaha Mitra Bukalapak untuk mewujudkan #WarungNaikKelas bagi seluruh Mitra. Diharapkan juragan bisa terus belajar dan bertumbuh bersama Mitra Bukalapak. Ada juga segemen Info Juwara yang berisi beragam info kegiatan komunitas Juwara dan profil Mitra Inspiratif didalamnya. Perpustakaan Juwara akan terus diperbaharui per dua pekan, juragan bisa mengaksesnya di bagian Biar Makin Cuan, klik Lihat Semua dan pilih Perpustakaan juwara.

SPEKTA | 10

Belajar Fitur

Belajar Bisnis Warung

Info Juwara


PERPUSTAKAANJUWARA - 2

CARA MENGAKSES PERPUSTAKAAN JUWARA

SPEKTA | 11

Buka Aplikasi Mitra Bukalapak

Tarik ke bawah sampai bagian 'BIAR MAKIN CUAN' lalu klik LIHAT SEMUA FITUR

Klik Perpustakaan Juwara (gambar buku)

Perpustakaan Juwara sudah bisa dibaca


PERPUSTAKAANJUWARA - 3

MATERI JUWARA BELAJAR DI PERPUSTAKAAN JUWARA

Strategi Bertahan di Masa Pandemi

Media Sosial untuk Bisnis Warung

Pandemi memang memberikan dampak di beragam lini kehidupan ya! Salah satunya juga untuk bisnis warung. Namun kita perlu tetap optimis dan melihat beragam peluang.

Media sosial tidak hanya digunakan media berkomunikasi jarak jauh. Lebih dari itu, media sosial dapat dimaksimalkan untuk mengembangkan bisnis, salah satunya bisnis warung.

Berikut beberapa tips Strategi Bertahan di Masa Pandemi dari Komunitas Juwara: 1. Melaksanakan 5M (Protokol Kesehatan) 2. Menekan kerugian dengan rutin cek stok 3. Menambah Peluang Bisnis Baru 4. Memanfaatkan internet untuk usaha 5. Kesempatan untuk Belajar Baca selengkapnya di Perpustakaan Juwara ya juragan!

Hal ini dapat menjadi peluang Juragan untuk mengenalkan barang dagangan, produk baru dan promo-promo menarik. Peluang ini menjadi potensi besar dikarenakan pengguna media sosial Indonesia yang mencapai 160 juta pengguna. Tips Memaksimalkan Media Sosial untuk Bisnis Warung: 1. Konten yang Menarik 2. Menentukan Target Pelanggan dan Media Sosial Yang Tepat 3. Membuat Jadwal Postingan 4. Membuat Analisa dan Evaluasi

Download gratis modulnya di Perpustakaan Juwara

SPEKTA | 12


KAPTENJUWARA - 1

KENALAN SAMA KAPTEN JUWARA Sejak tahun 2019, Komunitas Juwara memiliki program bernama KAPTEN JUWARA, dimana tiap daerah yang sudah memiliki grup WA akan memiliki perwakilan kapten. Tugas Kapten Juwara adalah membantu juragan-juragan jika memiliki kendala terkait penggunaan aplikasi, memberikan tips dan trik terkait bisnis warung, serta memberi masukan secara aktif kepada pihak Mitra Bukalapak terkait pengembangan aplikasi dan produkproduk di Mitra Bukalapak. Saat ini terdapat 29 Kapten dari 26 Wilayah di seluruh Indonesia. Yuk kita kenalan dengan para Kapten Juwara! Jika juragan mengenal salah satunya, silakan disapa di grup JUWARA ya! Jika juragan tertarik ingin menjadi kapten JUWARA di wilayah juragan tunggu informasi dari admin terkait pendaftaran program kapten berikutnya ya!

Mas Udin Kapten Yogyakarta Bisa mengaktualisasikan diri dan bereksplorasi diri serta tertantang menjadi aktif dan adaptif. Dampaknya makin banyak ilmu pengetahuan baru yang bisa diperoleh dalam komunitas Juwara Mitra Bukalapak khususnya di grup komunitas Juwara Yogyakarta.

Kang Diding

Kapten Karawang Merasa bangga karna dipilih menjadi bagian dari keluarga Mitra Bukalapak, sekaligus perwakilan dari wilayah Karawang. Banyak belajar, saling suport satu sama lain di grup Juwara. MBL merupakan salah satu produk digital platform andalan saya yang telah banyak memberikan manfaat serta keuntungan yang berlipat dalam kegitan usaha bisnis saya tiap hari nya.

Bang Alam Kapten Jakbar Bangga bisa berkesempatan dan dipercaya untuk menjadi salah satu Kapten Juwara. Saya dapat membantu dan membagikan energi positif ke teman-teman Juwara

Tidak pernah saya bayangkan sebelumnya kalau UMKM kecil seperti Warung Kelontong bisa berkembang dan Naik Kelas seperti saat ini. Terima Kasih untuk Mitra Bukalapak yang sudah mendukung usaha kecil kami menjadi Warung Naik Kelas.

SPEKTA | 13


KAPTENJUWARA - 2

KENALAN SAMA KAPTEN JUWARA Mah Dea Kapten Bandung Senang bisa berdiskusi dengan kapten kapten dari beberapa wilayah di Indonesia

Kang Irman Kapten Bandung Sangat senang kadang bisa berbagi hal apapun dengan anggota lainnya selain seputar aplikasi dan warung. Turut senang memotivasi rekan anggota lainnya agar aktif di grup Juwara dan mengajak aktif mengikuti program yg diselenggarakan sehingga terjalin silaturahmi yg erat dan nambah cuan.

Mas Jay Kapten Surabaya

Jadi Kapten berkesan buat saya, bisa berkenalan dengan sesama KAPTEN dan ADMIN di seluruh INDONESIA, dan bisa mendapatkan banyak ILMU dagang

SPEKTA | 14

Pak Niko Kapten Tangerang Semenjak jadi Kapten, pengalaman untuk meningkatkan bisnis warung menjadi meningkat. Karena disini sering belajar bareng tentang bisnis warung dan juga banyak teman sesama warung dari penjuru Nusantara.

Teh Nia Kapten Jaksel Sangat menyenangkan, bisa kenal lebih dekat dengan para adminnya Mitra Bukalapak, dan juga Mitra yang berada di luar kota. Bisa berbagi pengalaman dengan mitra lain untuk memiliki usaha yang lebih maju lagi.

Mba Tia Kapten Demak Alhamdulillah pertama masuk grup kapten itu luar biasa bisa bertemu dengan juragan warung di berbagai daerah bahkan antar pulau. Itu sangat berkesan bagi saya terlebih lagi bisa sharing2 tentang usaha warung dan perkembangan bisnis.

Teh Encih Kapten Cikarang Senang sekali Sejak menjadi kapten banyak informasi yang Saya dapatkan, mempunyai banyak teman & menambah tali persaudaraan.

Uda Eko Kapten Padang Sangat bangga karena di percaya untuk jadi perwakilan daerah Padang dan jadi banyak kenal para admin Komunitas Juwara Mitra Bukalapak Menambah silaturahmi dan kenalan sesama Juragan Mitra Bukalapak

Mba Nia Kapten Malang Sangat bangga bisa menjadi Kapten Juwara. Karena tak semua mitra punya kesempatan jadi Kapten. Sangat senang. Banyak sekali benefit yg saya dapatkan sejak menjadi Kapten Juwara Malang.Terima kasih Mitra Bukalapak


KAPTENJUWARA - 3

KENALAN SAMA KAPTEN JUWARA Mas Ahmad Kapten Jaktim Senang bisa berdiskusi dengan kapten -kapten dari beberapa wilayah di Indonesia

Mbak saimi Kapten Solo Semenjak jadi Kapten, pengalaman untuk meningkatkan bisnis warung menjadi meningkat.

Bisa membantu kesulitan yang dihadapi juragan saat bertransaksi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sungguh kebanggaan tersendiri saya bisa kenal dengan kapten se Indonesia dan lebih semangat meramaikan grup Juwara Solo.

Kak Dara Kapten Medan

Kang Opet Kapten Bogor

Pertama kali bergabung menjadi Mitra Bukalapak di bulan September 2018 dan bergabung jadi kapten di bulan Maret 2021.

Jadi Kapten kesan nya lebih di kenal dan cepat respon oleh Juragan lainnya, khususnya Juragan Medan

Kak Asti

Kapten Lamongan Senang banget bisa belajar bareng para admin dan pedagang senior.

Terima kasih dikasih prasarana untuk belajar memimpin dan membantu juragan yang dalam masalah. Dapat info dan ilmu lebih banyak daripada juragan lainnya. Akhirnya nambah percepatan laju kas usaha saya menjadi semakin meningkat

SPEKTA | 15

Mitra Bukalapak benarbenar mempersatukan kita dan mendekatkan kita. Terima kasih Mitra Bukalapak.

Senang meskipun harus membantu teman-teman di grup maupun di luar grup, selama menjadi kapten saya merasa beruntung bisa menambah pengalaman dan kenalan dari berbagai daerah.

Mba Anty Kapten Jakpus Bergabung menjadi Mitra Bukalapak di bulan Maret 2018 dan bergabung jadi kapten November 2020, kurang lebih hampir dua tahunan.

Menjadi Kapten itu Sangat menarik, keren dan kece.

Bang Nasution Kapten Tangsel Yang paling berkesan jadi kapten yaitu bisa belajar tutur sapa, sopan dan santun. Kenal lebih dekat sama tim Admin, tambah teman dari berbagai wilayah di Indonesia dan tambah sering mengikuti Kompetisi/promo di Mitra Bukalapak biar bisa tambah cuan,

Mas Roni Kapten Cirebon Bergabung menjadi Mitra Bukalapak di bulan Agustus 2017 dan bergabung jadi kapten Juli 2018.

Senang karena bisa bertemu dan punya banyak teman.

Nano/Abah Darno

Kapten Depok

Bergabung menjadi kapten di Komunitas Juwara sekitar bulan Januari 2021. Banyak aktivitas di grup yang dilakukan

Bisa saling membantu berbagi ilmu, yang pasti bisa untuk silahturahmi dengan anggota yg lain.


KAPTENJUWARA - 4

KENALAN SAMA KAPTEN JUWARA Mama Daffa

Kapten Banjarmasin

Oma Yuli Kapten Makassar

Bisa bantu Juragan lain yang sedang memiliki kendala dalam bertransaksi, bisa dapat ilmu yang banyak dari para admin dan para kapten lainnya.

Alhamdulillah sangat antusias sekali karena bisa memberikan nilai positif, aspirasi solutif dan berinovasi dalam memberikan masukan untuk Mitra Bukapalapak

Serta saling membantu Juragan Mitra Bukalapak di daerah sendiri menuju Warung Naik Kelas.

Bu Jaelani

Mas Subandi Kapten Pekanbaru

Kapten Bekasi

Bergabung jadi Mitra Bukalapak di September 2018 kemudian menjadi kapten di Komunitas Juwara sekitar bulan Juni 2019.

Masuk dalam grup WA regional Bekasi yang totalnya sekitar 10 grup, Menambah Silaturahmi dengan pedagang lainnya

Jadi nambah informasi dari para Kapten lainnya

Ibu Masyana Kapten Mataram Pertama kali menjadi Mitra Bukalapak di bulan Maret 2018 dan menjadi Kapten di bulan April 2020.

Sangat senang ikut berpartisipasi dalam Kapten Juwara

SPEKTA | 16

Kapten Majalengka

Beraktivitas di tiga grup regional Makassar, saling sapa dengan juragan lainnya.

Bisa belajar dan kenal dengan semua Kapten hebat dari seluruh Indonesia.

Bang Bajora Kapten Jaksel

A Yusuf

Menggunakan aplikasi MBL dari bulan April 2018. Bergabung menjadi kapten di Komunitas Juwara sekitar bulan September 2021.

banyak teman dan informasi yang diperoleh ketika menjadi Kapten

Bli Yanto Kapten Bali Sebuah kehormatan bagi saya bisa menjadi bagian dari keluarga Mitra Bukalapak Bisa lebih mengenal dengan lebih dekat para admin, CEO dan tim2 di balik layar Mitra Bukalapak. Saya bangga bisa berada di tengah orang-orang hebat seluruh pelosok negeri, bisa saling bersilaturrahmi dan bertukar pengalaman bersama mereka.


DARIJUWARA - 1

Rendy Renaldi Ramadhani

DARI TIM JUWARA UNTUK JURAGAN

SPEKTA | 17

Riadi

Masa pandemi belum berakhir, tapi kita lihat sudah sampai sejauh mana perjuangan juragan semua. Terima kasih sudah berjuang dan tidak pernah menyerah, tahun 2022 pasti akan lebih baik.

Meylin Chisilia Hadiah terbaik untuk mengawali tahun baru ini adalah hadiah yang kita berikan atas pencapaian diri yang selama ini kita lakukan. Semoga di tahun baru ini apa yang telah Juragan usahakan semakin tinggi dan makin banyak pula kebaikan yang Juragan terima.

Tahun 2022 semoga Indonesia makin sehat

Asri Semangat menyambut tahun 2021 juragan! Semoga juragan dan keluarga diberikan kesehatan dan berkah luar biasa di tahun 2021 ya! Terima kasih selalu setia mengikuti beragam kegiatan Juwara! Salam hangat


DARIJUWARA - 2

DARI TIM JUWARA UNTUK JURAGAN Admin Yani

Yudha Yok lebih semangat lagi kaya di 2020 karena di 2022 juga twentytwenty too :D

Pagi pagi hujan gerimis, tapi aku tetap jalan ke Ciamis Halo Juragan yang tampan dan manis Semangat selalu ya semoga Jualan laris manis

Heru Tesar Ichsan

Timor

"Jika ingin berjalan cepat, maka jalanlah sendiri. Jika ingin berjalan jauh, maka jalanlah bersamasama". Tentunya yang kita inginkan adalah berjalan cepat dan jauh sekaligus. Siapkah Juragan buat jalan cepat dan jauh? Yuk siapkan target lebih baik untuk tahun 2022, biar tetap jadi #WarungNaikKelas

SPEKTA | 18

Semangat terus ngewarungnya ya Juragan, semoga ada kesempatan nanti mampir di warungnya Juragan sambil ngopi santai .

Wiwi Tetap semangat ya Juragan, Ingat Kata Colin Powell "Tak ada rahasia untuk menggapai sukses. Sukses itu dapat terjadi karena persiapan, kerja keras, dan mau belajar dari kegagalan."

Semoga di Tahun 2022, Juragan Warung Mitra Bukalapak semakin sukses, laris manis dagangan nya dan harus #WarungNaikKel as barengbareng.

Bangun Rizkaw

Bayu

Eko

Ngewarung itu kadang capek, bosen, bisa juga seneng walaupun begitu semoga juragan akan selalu semangat menjalani pagi hari dengan memulai buka warung

Fitri Hasil yang dicapai saat ini adalah buah dari kerja keras, doa, dan rasa syukur. Perjuangan yang dialami saat ini adalah tantangan kita untuk makin #naikkelas.

sampai di titik juragan tanpa lelah memberi yang terbaik untuk pelanggan, sekaligus sosok inpsiratif dengan perjuangan ngewarung. Semangat selalu Juragan dan tetap jadi terbaik dan panutan.

Juragan Mitra Bukalapak adalah sosok-sosok luar biasa yang saya temui di Komunitas Juwara. Bagi saya, lebih dari sekedar Mitra, Juragan adalah pembawa inspirasi dan semangat lewat berbagai cerita perjuangan di balik bisnis yang Juragan lakukan. Semangat untuk terus menebar manfaat dan menyongsong banyak hal-hal baik di tahun 2022 ini ya Juragan!




RAGAMKEGIATANJUWARA - 1

BERAGAM KEGIATAN KOMUNITAS JUWARA 2021 Sepanjang 2021, Komunitas Juwara telah mengadakan beragam kegiatan untuk Juragan Mitra Bukalapak. Ada Spesial Kumpul Juwara atau KOPDAR Online yang rutin diadakan setiap minggunya di seluruh wilayah di Indonesia. Di 2021, Kopdar diadakan sebanyak 80 kali di 53 wilayah. Selain Kopdar, ada juga Kelas Juwara melalui siaran langsung Instagram dan Facebook serta kegiatan online seperti Semarak Juwara, Festival Juwara, Belajar Bareng Mitra, Juwara Curhat Dong dan Sapa Mirta. Di 2021, beberapa Juragan yang tergabung di Juwara Solo & Cirebon juga berkesempatan menyalurkan bantuan sembako untuk masyarakat terdampak Covid 19 melalui Program Mitra Peduli. Ada banyak moment dan keseruan yang dilewati di 2021 ya juragan! Yuk kita nantikan beragam keasyikan lainnya di 2022. Jika juragan belum bergabung dengan komunitas Juwara, pastikan segera bergabung dengan cara masuk ke Aplikasi Mitra Bukalapak, cari fitur BIAR MAKIN CUAN dan klik KOMUNITAS JUWARA.

SPEKTA | 22


RAGAMKEGIATANJUWARA - 2

KILAS BALIK EVENT KOMUNITAS JUWARA 2021

Semarak Juwara

Festival Juwara

Spesial Kumpul Juwara Kemerdekaan atau SEMARAK adalah program yang mempertemukan secara virtual Juragan MBL dari berbagai daerah di Indonesia, dalam rangka merayakan HUT RI ke-76. Acara ini juga menjadi ajang perkenalan Komunitas Juwara kepada Juragan Mitra Bukalapak, serta terdapat juga kompetisi kostum kemerdaan sebagai bagian dari program ini.

Festival Juwara adalah sarana bagi Juragan dan Tim Mitra Bukalapak untuk berkumpul secara virtual, juga saling bertukar informasi perkembangan aplikasi Mitra Bukalapak, informasi optimalisasi fitur, serta berbagi pengalaman Juragan selama menggunakan aplikasi.

Semarak Juwara dilaksanakan pada hari Kamis, 19 Agustus 2021, dan diikuti oleh 2.172 Juragan Mitra Bukalapak, SEMARAK merupakan kegiatan kumpul virtual nasional yang pertamakali diadakan oleh Komunitas Juwara sepanjang tahun 2021.

Acara ini juga menjadi ajang bagi Tim Produk, Tim BukaBantuan, serta Tim Juwara untuk mengenalkan kepada kepada Juragan terkait produk dan layanan yang menjadi tanggungjawab masing-masing bagian. Festival Juwara dilaksanakan selama 2 hari, 23-24 September 2021, dan diikuti oleh 1.969 Juragan Mitra Bukalapak.

Cari tahu seru ceritanya di Perpustakaan Juwara

SPEKTA | 23


RAGAMKEGIATANJUWARA - 3

KILAS BALIK EVENT KOMUNITAS JUWARA 2021

Mitra Peduli Solo Cirebon 2021 Mitra Peduli (Program Sembako) adalah program dari MBL yang bekerja sama dengan YPP (Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih) dengan membagikan paket sembako kepada warga di sekitar Warung Mitra Bukalapak. Mitra Peduli dilaksanakan sejak tahun 2020 di awal-awal pandemi. Tujuannya adalah untuk membantu warga yang membutuhkan di sekitar warung mitra bukalapak. Pada tanggal 18-30 November 2021 terdapat 10 mitra dari solo dan 10 mitra cirebon yang mendapatkan penyaluran bantuan program Mitra Peduli. Paket sembako yang dibagikan mencapai 1000 paket.

SAPA MITRA Sapa Mitra adalah forum dialog Tim Mitra Bukalapak dengan beberapa perwakilan Mitra Bukalapak. Tujuan program ini untuk memelihara hubungan baik dengan Juragan Mitra Bukalapak. Kegiatan ini berlangsung satu bulan sekali selama kurang lebih satu jam. Sapa Mitra menjadi sarana untuk dapat saling bertukar informasi dengan Juragan mengenai pengalaman dalam menggunakan aplikasi Mitra Bukalapak. Di program ini Tim Mitra Bukalapak juga memfasilitasi Juragan untuk memberikan saran yang membangun dan usulan-usulan untuk peningkatan Mitra Bukalapak.

Cari tahu seru ceritanya di Perpustakaan Juwara

SPEKTA | 24


RAGAMKEGIATANJUWARA - 4

KILAS BALIK EVENT KOMUNITAS JUWARA 2021

Belajar Bareng Mitra Belajar bareng mitra merupakan pelatihan tematik dan berkala untuk seluruh anggota komunitas Juwara agar memiliki pengetahuan dan skill untuk mengembangkan bisnis warungnya. Sebanyak 71 mitra Bukalapak dari seluruh Indonesia antusias mengikuti kelas BBM yang diadakan pada hari Kamis, 18 November 2021 yang dimulai dari pukul 13.00 - 15.00 WIB. Selain menjadi ajang silaturahmi mitra, mitra juga belajar untuk memaksimalkan fitur-fitur produk untuk menambah cuan dari komisi beragam produk di Mitra Bukalapak. Tema menarik ini langsung dibawakan oleh Rendy Renaldi (Mitra Community Manager Bukalapak).

Juwara Curhat Dong Juwara Curhat Dong (JCD) merupakan sesi berbagi hati ke hati komunitas juwara dan menjadi ruang ekslusif Juragan untuk mencurahkan cerita dalam menjalankan bisnis bersama Mitra Bukalapak. Sesi cerita ini dibagi 3 kategori utama.: Suka Duka (nostalgia) yaitu Cerita proses suka dan duka dalam berbisnis. Tantangan : Berbagi keluh kesah dan cerita perjuangan mengenai berbagai tantangan dalam menjalankan usaha. PDKT yaitu Ajang menunjukkan hobi atau sisi diri yang unik/menarik, di luar aktivitas dunia bisnis warung. Sekitar 45 mitra dari seluruh Indonesia bergabung di Google Meet yang dilaksanakan pada kamis, 25 November 2021.

Cari tahu seru ceritanya di Perpustakaan Juwara

SPEKTA | 25


RAGAMKEGIATANJUWARA - 5

TESTIMONI PESERTA SKJ Ibnu Jharkasih Juragan Padang

Menyenangkan sekali dan seru banget kegiatan Spesial Kumpul Juwara (SKJ) yang diadakan komunitas Mitra Bukalapak setiap bulannya. Selain dapat ilmu baru yang sangat bermanfaat untuk pengembangan diri dan bisnis kita, di SKJ juga bertaburan berbagai hadiah serta DOORPRIZE yang banyaaak! Untung banyak kalau ikutan SKJ. Udah dapet untung banyak dari menggunakan aplikasinya, untung juga saat ikut kopdar SKJ. TERIMA KASIH MITRA BUKALAPAK. Semoga terus berkembang dan menebar manfaat lebih luas lagi ya

Ranti Laraswati Juragan Karawang

Terimakasih Mitra Bukalapak dan tim admin, dengan adanya SKJ November ini, saya banyak mendapat pengalaman baru dengan teman sesama mitra. Dengan adanya SKJ kami jadi bisa bertukar dan berbagi pengetahuan soal warung. Dan memaksimalkan bisnis warung yang kekinian dengan memanfaatkan teknologi digital melalui sosial media untuk mempromosikan dagangan warung, juga layanan jasa yang tersedia di aplikasi Mitra Bukalapak. Banyak konten menarik yang dibahas seputar warung yang bisa digunakan sebagai strategi mempromosikan kepada pelanggan.

SPEKTA | 26

Cyntia Regina Azzahra Juragan Bandung

Di SKJ banyak banget ilmu yang di dapet dari cara mengelola serta mengembangkan warung agar lebih banyak pembeli dan peminat, belajar memanfaatkan media sosial untuk berjualan, saya lihat contohnya 'toko mamah dea' selalu update tentang stok warung. Selain memberikan tips, juragan yang menjadi pemateripun memberikan solusi dari tema SKJ. Pokoknya SKJ ini top bangettt mantap, banyak banget ilmu yang bisa didapetin! Warung yang dulunya hanya sekedar warung sekarang bisa diberdayakan agar naik kelas. Yes! berkat BUKALAPAK

Nining Rahayu Juragan Cirebon

Hampir tiap bulan mengikuti acara SKJ, Digroup SKJ selalu seru dan rame tapi di sesi SKJ bulan November 2021 ini yang paling seru menurutku ya. Karena lebih banyak peserta dan tentunya lebih banyak doorprize juga. Hadiah lebih banyak dan acara makin menarik, tiap SKJ selalu ada ilmu dan cerita baru dari sesama mitra ataupun ilmu dan game yang seru deh pokoknya. Mitra bukalapak the best dan semoga makin maju. Mitra bukalapak terimakasih banyak atas ilmu, cuan, dan game yang seru nya. Berjaya selalu ya.


Terima Kasih Terima kasih dan syukur kami ucapkan kepada Tuhan yang maha esa karena di tahun 2021 ini telah memberi kesempatan

membersamai

para

Juragan Mitra Bukalapak yang berada di berbagai wilayah Indonesia untuk tumbuh dan maju bersama. Semoga di tahun

2022

membuka

kita

semua

kesempatan

dapat untuk

memperbaiki keadaan dan membuka babak baru dalam kehidupan. Salam #WarungNaikKelas


SPEKTA