Issuu on Google+


Kiamat 2012 - Badai Matahari

Liputan Event Bunga Rampai dan EXPO Acara Kebersamaan Sistem Informasi Seleksi Aktivis HIMSISFO

Coming Event IS Corner Bussiness Intelligence ERP and SAP

7 8 8 9 10 11 13

Tutorial Membuat Efek Embun pada Photoshop Menambahkan Afek Api pada Tulisan

Tip’s n Trick Mata dan Monitor 10 Cara Menghemat Baterai Blackberry

Techno News iCloud

Their Opinion Christmas and New Year

Reference Website

Books

Movies ‘n Music Quotes ‘n Humor

Games

35 37

DAFTAR ISI

Hot News


Poem for HIMSISFO

Journey to the Bright Future Everybody knew today is an important Day Eleven November Two Thousand Eleven Today marks the day of new era in HIMSISFO And we won't forget this very day Do you remember all the moments that we've spent? It's been a long journey And finally we arrived at this moment Too long if you draw it on “Activity Diagram” Our stories began on the first day we met at Activist Selection Nervous and confuse were what we felt then We smiled together when we were selected as activists in HIMSISFO And our story at HIMSISFO just begins Many days we've spent Sometimes we feel no one understands Sometimes we feel it's too hard for us to face the moment Sometimes we fight when we feel we are right But we knew it all happened for a reason A reason to become a better person A reason to organize a better event And don't forget, we spent it all together So you're not alone Now the time has come for us to pass on the baton And we’ve already selected who will lead HIMSISFO Give our support to them And let's strive together as HIMSISFOers We know life is a mystery We're gonna make history So, let us start now And make a journey to the bright future

6


Liputan Event

Acara Kebersamaan Sistem Informasi (AKSI) 2011 - SPLICE Spectacular and Lifelong Community in HIMSISFO Event Pada hari Selasa, tanggal 16 Agustus 2011 di Prisma Sport Club, HIMSISFO telah mengadakan acara AKSI 2011 yang bertemakan SPLICE. Acaranya berlangsung meriah dan diikuti oleh 600 peserta lebih dari teman-teman mahasiswa jurusan Sistem Informasi 2014 dan 2015, BINUS University. AKSI ini merupakan program kerja HIMSISFO yang bertujuan untuk mengakrabkan mahasiswa jurusan Sistem Informasi, baik tunggal maupun ganda. Acara yang diadakan di antaranya adalah penampilan cheerleader, band, dancer, motivator dan masih banyak lagi. Pada acara AKSI 2011 kali ini, para peserta juga disugguhkan dengan permainan spektakuler yaitu mystery solving, di mana para peserta harus menebak teka-teki di balik acara AKSI 2011 ini. Dari 20 tim lebih peserta yang tergabung untuk memecahkan misteri ini, terpilihlah kelompok Clover sebagai pemenangnya.

Bunga Rampai dan Expo HIMSISFO 2011 HOME – Hello Information System Freshmen Bunga Rampai dan Expo HMSISFO 2011 diadakan oleh School of Information System (SoIS) dan HIMSISFO (Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi) untuk menyambut kedatangan mahasiswa baru jurusan Sistem Informasi 2015. Tema untuk Bunga Rampai dan Expo 2011 kali ini adalah HOME – Hello Information System Freshmen. Acara yang berlangsung selama FEP (Freshmen Enrichment Program) ini dilaksanakan mulai dari bulan Juli hingga Agustus 2011. Bunga Rampai sendiri bertujuan untuk memperkenalkan calon mahasiswa Sistem Informasi dengan gaya perkuliahan Sistem Informasi khususnya di BINUS University. Banyak acara yang disajikan, mulai dari perkenalan jurusan, games, penampilan dancers hingga perkenalan tentang HIMSISFO itu sendiri. Tidak mau ketinggalan, acara EXPO HIMSISFO yang diadakan di kampus Syahdan juga berlangsung meriah di mana teman-teman mahasiswa BINUS University dapat berkunjung ke EXPO HIMSISFO untuk melakukan banyak hal seperti sharing, games, berfoto dengan KUBUTO (maskot HIMSISFO) dan masih banyak lagi. Diharapkan dari program kerja HIMSISFO ini teman-teman mahasiswa jurusan Sistem Informasi dapat beradaptasi dengan baik saat perkuliahan nanti.

8


Liputan Event

Beberapa saat yang lalu, HIMSISFO mengadakan event Seltivis HIMSISFO 2011. Apa itu Seltivis? Selvitis adalah Seleksi Aktivis, event di mana HIMSISFO mencari aktivis-aktivis baru dari Binusian Sistem Informasi 2015 maupun 2014. Event ini berlangsung pada tanggal 2 Oktober 2011. Antusiasme dari Binusian jurusan Sistem Informasi yang tentunya membuat keluarga HIMSISFO bangga akan kerja keras mereka tidak sia-sia selama masa FEP sampai pada seltivis. Keberhasilan event tersebut dibuktikan dengan lebih dari 200 Binusian Sistem Informasi tunggal maupun ganda ikut serta mendaftar menjadi aktivis. Acara Seltivis sendiri dibagi menjadi 2 bagian, yaitu tes tertulis dan sesi wawancara. Pengumuman calon seltivis yang lolos diumumkan di web HIMSISFO yang beralamat www.himsisfo.net pada tanggal 5 Oktober 2011. Dari sekian banyak calon yang mendaftar, ada sekitar 105 orang yang lolos pada Seltivis 2011. Banyaknya pertimbangan dan kriteria yang dibutuhkan dari HIMSISFO untuk menjadi aktivis dan kurang siapnya calon saat seltivis yang membuat beberapa calon seltivis gagal lolos. Namun itu hanya sebuah kegagalan awal. Kita ingat pepatah kegagalan adalah awal keberhasilan, kita dapat merasakan betapa berharganya makna tersebut saat kita berhasil kelak.

9


choco banana cheese


IS Corner

Business Intelligence (BI) Business Intelligence atau yang lebih akrab disingkat menjadi BI adalah salah satu Sistem Informasi yang sedang berkembang dan booming saat ini. BI sendiri adalah komunikasi platform untuk pengguna bisnis dan teknis, konsultan, vendor perangkat lunak dan analis. Business Intelligence adalah serangkaian metodologi, proses, arsitektur, dan teknologi yang mengubah data mentah menjadi informasi yang bermakna dan digunakan untuk mengaktifkan strategi yang lebih efektif, wawasan taktis serta operasional dan pengambilan keputusan. Jadi tujuan sebenarnya dari BI adalah untuk mengolah data dan mengubahnya menjadi informasi. Dengan adanya teknologi BI, perusahaan menjadi lebih mudah dalam membuat keputusan bisnis. Fungsi umum dari teknologi BI adalah reporting, online analytical processing, analytics, data mining, process mining, complex event processing, business performance management, benchmarking, text minin dan predictive analytics.

11


IS Corner

Dalam BI, pengolahan data akan banyak berhubungan dengan sistem basis data (database). Database sendiri adalah tempat penyimpanan data dari perusahaan untuk digunakan oleh perusahaan itu sendiri. Kegunaan BI dalam hal ini adalah mengolah data-data yang ada dalam database dan me-manage data yang terdapat di dalamnya sehingga bisa digunakan oleh perusahaan ketika dibutuhkan pencarian data. Untuk teknologi ini, dibutuhkan management data yang baik dalam pengolahan data. Prospek dari BI terbilang sangat baik karena teknologi ini terus berkembang dan diminati oleh banyak orang. Menurut koran Gartner tahun 2009, prediksi terhadap perkembangan market BI adalah “Karena kurangnya informasi, proses dan alat-alat, hingga tahun 2012, lebih dari 35 persen dari 5.000 perusahaan global terkemuka secara teratur akan gagal untuk membuat keputusan wawasan tentang perubahan yang signifikan dalam bisnis mereka dan pasar. Pada 2012, unit bisnis akan mengendalikan sekurang-kurangnya 40 persen dari total anggaran untuk BI. Tren untuk BI akan terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman karena sistem pengolahan data akan semakin terpakai dengan semakin banyaknya data yang ditampung dan diperlukan teknologi untuk memproses dan me-manage data-data itu.�

12


IS Corner

The Best-Run Businesses Run SAP – Motto SAP SAP merupakan produk keluaran SAP AG dari German oleh 5 mantan pekerja IBM dan telah menjadi 3 vendor software independen terbesar di dunia. Beberapa perusahaan terkenal di Indonesia sudah menggunakan SAP seperti PT. Nippon Indosari (Sari Roti), PT. Telkom dan PT. Pertamina. Salah satu aplikasi dari SAP yang paling terkenal dan terbesar di dunia adalah SAP R/3 (sekarang menjadi SAP ERP ECC). Sebagai sebuah aplikasi ERP, SAP termasuk sangat lengkap. Dulu para programmer umumnya hanya bisa membuat satu modul saja untuk tiap divisi, misalnya Sistem Informasi Keuangan dan Sistem Informasi Sumber Daya Manusia. Biasanya modul-modul tersebut jarang tersambung antara satu dengan yang lain dan bisa mengakibatkan perulangan aktivitas.Tetapi SAP menggabungkan semuanya yang berarti setiap divisi terkoneksi, bagian akuntasi bisa melihat barang yang telah dikeluarkan oleh bagian gudang walaupun berbeda lokasi. R dari R/3 adalah RealTime, SAP yang pertama yaitu R/1 merupakan financial accounting, lalu saat perusahaan SAP menjadi internasional, SAP yang kedua yaitu R/2 mengakomodasi bahasa dan mata uang berbeda. Dan yang terakhir SAP R/3 bergerak dari mainframe menuju 3 rangkap arsitektur client/server yang terdiri dari database, software aplikasi, dan sebuah GUI yang umum. SAP menggunakan nama R/3 sampai keluaran 5.0. Pada waktu itu namanya berubah dari R/versi menjadi ERP Central Component (ECC) sampai sekarang versi terkini dari SAP ERP ECC adalah 6.0. Selain itu alasan memposisikan SAP sebagai ECC adalah agar SAP mampu membangun dan mengembangkan sebuah lingkungan di mana produk lain mampu berfungsi di dalam pondasi dari komponen pusat. SAP ERP juga memiliki beberapa modul yang mendukung area-area kunci fungsional termasuk Finansial, Operasi, dan Manajemen Kapital Manusia. SAP mengunakan bahass pemograman sendiri yang dinamakan ABAP (Advanced Business Application Programming), semua program ABAP tersimpan di database SAP tidak seperti beberapa bahasa pemograman seperti C++ dan Java yang disimpan terpisah secara eksternal.

14


Tutorial

Dengan Photoshop Pada tutorial kali ini kita akan mempelajari bagaimana cara untuk membuat efek embun dengan menggunakan photoshop. Untuk membuatnya mudah, hanya dengan menggunakan satu teknik yaitu masking dan kesabaran untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk mengikuti contoh ini kalian memerlukan objek gambarnya, misalkan sebuah kaleng. Kalian dapat unduh ini melalui pencarian situs gambar untuk kaleng. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat efek embun pada kaleng minuman.

Langkah 1 :

1.

Buka gambar yang telah kalian download ke dalam photoshop.

Langkah 2 : Gunakan pen tool (P) dengan warna putih untuk menggambar bagian yang akan dijadikan embun. Bentuknya bisa dibuat tidak beraturan tetapi tetap memliki unsur seperti keringat atau setidaknya memliki bentuk lingkaran agar terlihat seperti timbunan air. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di gambar (2).

Langkah 3 :

2.

3.

Setelah pembentukan embun dilakukan, maka selanjutnya efek embun dapat dihasilkan dengan menggunakan teknik masking pada bentuk embun yang telah kita buat tadi. Untuk lebih jelasnya bisa di lihat di gambar (3).

15


Tutorial

Langkah 4 :

Setelah masking dilakukan, maka selanjutnya kita akan menggunakan soft brush pada bagian tengah bentuk embun yang akan menghasilkan efek transparan. Jangan lupa saat menggunakannya, turunkan opacity brush-nya supaya efek yang dihasilkan bisa lembut. Lebih jelasnya bisa di lihat gambar (4).

4.

Langkah 5 :

Agar terlihat benar-benar seperti berembun penuh, kita dapat mengulangi langkah ke-2 sampai ke-4 untuk membentuk embun yang lebih banyak. Atau kamu bisa menduplikasi embun yang sudah ada dengan Transform Tool (Ctrl + T) dan kalian juga dapat mengubah bentuknya dengan ini. Setelah dilakukan berulang-ulang maka hasilnya akan seperti ini.

6.

Dalam pembuatan efek embun ini, yang terpenting adalah kesabaran dan “rasa� kita dalam ber-eksperimen untuk menghasilkan sesuatu yang sesuai dengan embun aslinya. Dengan cara ini sebenarnya kita sudah bisa membuat efek lain seperti membuat kristal, bola transparan dan lainnya. Intinya adalah bereksperimen dan bebaskan imajinasimu untuk berkarya. Semoga bermanfaat. Sumber: http://jurusgrafis.com/tutorial/membuat-efek-embun-diphotoshop/

16


Tutorial

Membuat Tulisan Berefek Api

Tutorial kali ini akan membahas tentang bagaimana cara untuk memberikan efek pada tulisan agar terlihat seperti tulisan yang terbakar. Langsung saja kita mulai langkah pembuatannya.

Langkah 1 : Buka file baru, kemudian warnai background keseluruhan dengan warna hitam menggunakan paint bucket.

Langkah 2 : Buat tulisan yang kamu inginkan dengan menggunakan TextTool.

Langkah 3 : Klik pada layer text, pilih blending options dan ikuti sesuai pengaturan pada gambar berikut.

Outer Glow

Color Overlay

Satin

Inner Glow

17


Tutorial

Hasil Sementara

Langkah 4 : Setelah jadi efek seperti yang di atas, kalian dapat menambahkan tekstur api kemudian pilih channel. Seleksi layer green dengan magic tool, setelah itu pilih load channel as selection.

Langkah 5 : Setelah tampilan seperti di atas, lakukanlah drag atau geser hasil seleksi ke dalam dokumen. Kemudian dengan menggunakan Eraser Tool, hapus beberapa bagian yang tidak perlu (sesuaikan dengan keinginan).

Langkah 6 : Untuk menduplikasi layer api, tekan (CTR + J) dan kemudian pilih mode Overlay. Lakukan langkah yang sama untuk semua bagian teks hingga hasilnya seperti di bawah ini. Selamat mencoba.

Link sumber: http://acehdesain.wordpress.com/2011/06/06/tutorial-photoshop-membuat-efek-api-pada-text/

18


Tips ‘n Tricks

Saat ini komputer sudah menjadi salah satu dari bagian penting dalam hidup kita, sehingga seringkali kita harus bekerja berjam-jam di depan komputer. Namun tahukah Anda bahwa mentaap layar monitor komputer dalam waktu yang lama dapat menurunkan kesehatan mata? Untuk dapat menjaga kesehatan mata Anda, berikut beberapa tips yang dapat Anda coba: 1.Pencahayaan Perhatikan keseimbangan antara intensitas cahaya yang dikeluarkan monitor dengan intensitas cahaya di tempat Anda menggunakan komputer. Hindari menggunakan komputer di tempat yang gelap karena akan membuat mata cepat lelah dan hindari menggunakan komputer di tempat yang terlalu terang karena akan mempersulit Anda dalam melihat monitor. 2.Gunakan filter monitor Untuk menghindari cahaya yang terlalu terang dan radiasi yang dihasilkan oleh monitor, Anda dapat menggunakan filter monitor. Konsultasikanlah kepada vendor untuk mendapatkan filter monitor yang cocok bagi Anda. 3.Periksa monitor Anda Periksalah apakah monitor Anda bekerja dengan baik atau tidak. Jika gambar di monitor tampak buram, berbayang, atau berkedip, sudah sebaiknya Anda memperbaiki atau mengganti monitor tersebut dengan yang baru. 4.Perhatikan posisi monitor Pastikan jarak antara mata Anda ke monitor tidak kurang dari 30cm,dan pastikan Anda dapat melihat monitor dengan nyaman tanpa harus membebani leher Anda. 5.Istirahatkan mata Anda Sesekali istirahatkan mata Anda dengan memejamkan mata Anda,hindari mengucek-ucek mata Anda.Sering-seringlah berkedip untuk menurunkan ketegangan mata Anda dan menjaga mata Anda tetap basah. Selain itu, Anda juga dapat melihat objek berwarna hijau karena objek berwarna hijau dapat merilekskan mata Anda.

19


Tips ‘n Tricks

Pasti banyak dari kalian yang menggunakan Blackberry SmartPhone dan merasa cukup terganggu dengan pemakaian baterainya yang bisa dibilang boros. Kali ini, kami akan memberikan beberapa Tips and Tricks cara agar dapat menghemat pemakaian baterai Blackberry kalian. 1. Gunakan operator yang jaringannya stabil di daerah kalian, sehingga Blackberry kalian tidak harus terus menerus mencari sinyal. 2. Charge Blackberry kalian sampai penuh, usahakan waktu charge-nya jangan berlebihan dan menggunakan charger asli. 3. Mendengarkan lagu (atau media lainnya, juga telepon) dengan volume yang sewajarnya; tidak terlalu keras. Dapat juga diantisipasi dengan menggunakan headphone. 4. Saat menggunakan browser, kunjungi situs mobile (lebih tidak berat) dan jangan lupa untuk menutup browser anda jika tidak digunakan lagi. 5. Direkomendasikan untuk mengubah Backlight Brightness menjadi 10 dan Backlight Timeout menjadi 10 seconds. 6. Gunakan sarung Blackberry yang original (karena saat Blackberry kalian dimasukkan ke dalam sarungnya, otomatis LCDnya akan mati). 7. Non-aktifkan Bluetooth, GPS maupun Wi-Fi saat tidak digunakan. 8. Set Picture Size, Picture Quality dan Color Effect ke normal. 9. Log out aplikasi yang tidak digunakan (seperti MSN, YM, dsb), juga tutup aplikasi yang sudah selesai digunakan (jangan hanya tekan tombol off). 10. Matikan LED untuk menghemat baterai. Nah, sekian Tips’n Tricks dari kami kali ini. Semoga dapat membantu.

Sumber: http://trikdantipsblackberry.wordpress.com/2011/01/04/trik-dan-tips-menghemat-dayabaterai-blackberry/

20


Techno News

23


Techno News

24


Techno News

25


Techno News

26


Christmas & New Year

“Christmas dan New Year itu meriah. Itu dua momen yang patut disyukurin. Saya suka sekali suasana Christmas dan New Year. Kalau saya, christmas paling dirumah atau jalan-jalan. Liburan bersama teman dan keluarga. Yang paling mengesankan kalau Natal Kelahiran Yesus Kristus, tukaran kado dan acara natalan di sekolah. Kalau Tahun baru kembang api dan kumpul bareng keluarga.” Herawati Hardi (Binusian 2015)

“Yang saya lakukan sih pertama berdoa sama keluarga pas jam 12 malam, paginya ke gereja. Malam Tahun baru, saya berdoa, buat permohonan dan main kembang api.” Christian (Binusian 2015)

Christmas dan Tahun Baru itu paling kerasa suasanya ibadah. Sebenarnya Natal itu mengenang kelahiran Yesus Deborah (Binusian 2015)

27


“Christmas itu adalah saat dimana kita berkumpul bersama keluarga, memasang pohon natal bersama, serta dengan adanya perayaan tahun baru, menandakan masuknya kita ke sesuatu hal yang baru dan baik.” Patricia Karina A (Binusian 2013)

“Christmas itu merayakan kelahiran Yesus. Kalo tahun baru itu menandakan hidup baru.” Calvin Keegen (Binusian 2014)

“Christmas dan Tahun Baru adalah hari dimana kita kumpul dengan keluarga. Salah satu hari di mana kita bisa benar-benar memberi waktu untuk keluarga. Soalnya kalo Natal dan Tahun Baru kita pasti kumpul dengan keluarga.” Ardi Tanura (Binusian 2014

28


Referensi Web

Tokobagus.com

Pada referensi website kali ini, kita bakal kasih info tentang bagaimana memilih website untuk melakukan transaksi jualbeli yang baik dan aman. Yang menjadi referensi website untuk edisi kali ini adalah webite dari tokobagus.com. Kenapa harus tokobagus.com? Karena sebagai website jual beli, tokobagus.com bermanfaat sekali bagi Anda yang ingin menjual atau membeli produk atau barang. Kategori produk atau barang yang ditawarkan di dalamnya beraneka ragam mulai dari alat-alat musik, pernakpernik, buku bacaan, hingga hewan peliharaan. Melalui tokobagus.com ini, Anda juga dapat membeli barang-barang dari toko online lainnya yang terdaftar sebagai member tokobagus.com. Jika ingin memulai membuka toko Anda secara online di tokobagus.com ini, Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan mencantumkan data diri lengkap serta alamat email, baru kemudian Anda dapat mendaftarkan produk untuk dijual di toko online.Untuk masalah keamanan, tokobagus.com ini tergolong aman karena setiap penjual akan diminta untuk melakukan verifikasi identitas diri, sehingga penjual yang ada di tokobagus.com ini terpercaya. Tidak luput dari itu juga, para pembeli diharapkan membaca terlebih dahulu tips aman untuk membeli barang yang ada di fitur website tokobagus.com. Fitur-fitur yang disediakan oleh tokobagus.com mudah untuk dipahami. Hebatnya lagi, kita dapat menggunakan fitur pencarian untuk mencari barang atau produk sesuai dengan provinsi yang ingin kita cari sehingga kita dapat mengetahui dari mana asal produk dan si penjual tersebut. Demikian sedikit review dari referensi website untuk edisi kali ini. Semoga bermanfaat.

29


Referensi Buku

Keamanan Sistem Informasi Penerbit

:

Andi Publisher

Edisi

:

Soft Cover

Tgl Penerbitan :

2011

Bahasa

:

Indonesia

Halaman

:

180

Sinopsis Buku: Buku ini berisi penjelasan tentang semua pihak yang bertanggung jawab terhadap Sistem Informasi yang dikomputerisasikan di dalam perusahaan, misalnya pemilik sistem (system owner), manager, pemakai akhir (end user), pengembang sistem (system developer), advisor atau auditor. Dengan kata lain, buku ini dimaksudkan untuk menerangkan kepada semua tingkat pemakai bahwa bekerja dengan sistem informasi berbasis komputer di satu sisi akan mempermudah pekerjaan, namun di sisi lain juga memiliki risiko yang harus diperhatikan. Di samping itu, pada buku ini juga diberikan masukan atau gambaran tentang apa saja yang harus diperhatikan apabila bermaksud untuk membuat atau me-review kebijakan sekuriti sistem informasi melalui langkah-langkah yang dapat dipertimbangkan pada saat penyusunan kebijakan sekuriti sistem informasi. Mulai dari mengidentifikasi semua asset dan resource yang penting di organisasi, menganalisa dan menentukan kelemahan dan masalah yang terjadi pada sistem, sampai rekomendasi dan monitoring terhadap kebijakan kemanan sistem informasi.

30


Referensi Buku

Mudah Membuat Aplikasi Android +DVD Penerbit

:

Andi Publisher

Edisi

:

Soft Cover

Tgl Penerbitan :

2011

Bahasa

:

Indonesia

Halaman

:

246

Sinopsis Buku: Android saat ini sedang berkembang cukup pesat. Bahkan pada pertengahan 2010, telah menempati posisi kedua sebagai sistem operasi yang digunakan oleh Smartphone. Peningkatan penggunaan sistem operasi ini pada perangkat mobile yang ada akan menciptakan peluang untuk programmer. Dengan adanya Android Market yang digunakan untuk menjual aplikasi, programmer dapat memperoleh keuntungan dengan menciptakan aplikasi-aplikasi yang tepat guna bagi masyarakat. Oleh karena itu, melalui buku ini akan dibahas tentang dasar materi yang harus dikuasai dalam membangun aplikasi pada Sistem Operasi Android. Dari yang paling sederhana seperti installasi program, hingga yang lebih kompleks berupa pembuatan aplikasi dengan database, grafis 2D & 3D, peta, maupun mengirim SMS. Dilengkapi dengan lebih dari 40 contoh maupun project yang akan membantu dalam pemahaman pembuatan aplikasi. Project yang dibuat cukup menarik seperti pencatat Ulang Tahun, KaloriMeter, Pingsut, dan lain sebagainya. Pada bagian akhir bab akan ada review yang dapat digunakan untuk menguji pemahaman.

31


Referensi Games

Resident Evil : Operation Raccoon City Game ini mengantarkan pengalaman nyata berbasis team yang terdiri dari 3 orang di mana kamu menjadi salah satu person dalam team tersebut. Setting game ini tidak hanya memberikan latar belakang yang kaya akan action namun juga menyajikan skenario battle yang unik dan lebih menegangkan dari biasanya.

Game dengan gaya penembak orang ketiga ini memberikan kesan unik tersendiri. Dimulai tepatnya pada September 1998 di Raccoon City, di mana Umbrella Corporation berusaha untuk menghilangkan bukti keterlibatannya dalam infeksi T-virus yang membuat manusia menjadi zombie, akan tetapi pihak dari pemerintah AS mengirimkan tim untuk mencari sumber dari kekacauan yang terjadi.

32


Referensi Games

Terjebak dalam aksi, rookie police officer, Leon S. Kennedy dan Claire Redfield. Pemain mengambil peran Umbrella Security Service (USS) dan pertempuran melawan semua kekuatan yang bersaing di Raccoon City. Ada enam karakter dalam game ini, masing-masing dilengkapi dengan satu set keterampilan yang unik, termasuk female field scientist Four-Eyes yang dapat memanipulasi T-virus dan mengambil kendali Bio-Organic Weapons (B.O.W's) yang dapat menyerang jalanan Raccoon City atau mengambil alih Weapon Expert dan USS tim Kapten Lupo.

Sumbe r: http://www.gamefaqs.com/pc/625992-resident-evil-operation-raccoon-city

33


THE DIVIDE

UNDERWORLD: AWAKENING


Quotes

“Learn from yesterday, live for today, hope for tomorrow. The important thing is not to stop questioning” Albert Einstein “Try not to become a man of success but a man of value” Albert Einstein

“Your time on this earth is limited, don't live someone else's life, live by your vision” Steve Jobs

“Never put off till tomorrow what you can do the day after tomorrow” Mark Twain “Try a little harder to be a little better” Gordon B. Hinckley

37


Humor Ita baru masuk SMU, masa-masa pubernya bikin dia centil dan suka ngerjain orang. Kali ini dia dapet kata-kata baru buat ngerjain orang.

pertama, dia nelepon temannya : "Rin, gue udah tau semuanya !" "Hah.." Suara disana terdengar lemas. "Ta, elu jangan bilang Indri kalo gue jalan sama cowoknya ya Ta. Gue ada voucher makan di HokBen, elu jangan bilang-bilang yah. Sori gue cuma bisa ngasih itu doang." "Okelah, gue sih terima aja, lu kan temen gue." Ucap ita. Begitu telepon ditutup, Ita langsung teriak girang. "Wah oke juga nih, gue dapet voucher HokBen !! Coba gue praktekin lagi."

Kali ini Ita masuk kamar kakaknya Dewa dan langsung bicara pelan didekat Kuping kakaknya yang lagi tiduran. "Wa, gue udah tau semuanya. Ternyata gitu ya Wa." Dewa langsung bangun, mengambil sebuah kunci dan berbisik pada Ita. "Ta, lu boleh pake mobil sebulan penuh plus gue kasih bensinnya. Tapi jangan bilang Papi kalo gue nge-gele yah !!!" "BeEres. " sahut ita.

Ita benar-benar girang, kali ini dia mencegat Papinya yang baru pulang kerja. "Pah,." Ita mengejar Papinya yang cuek bebek "Pah, Ita mau ngomong." "Ada apa sih Ta ?!! Papa capek nih." "Ita udah tau semuanya Pah..." Mendadak Papanya celingukan, mengeluarkan HP dan menelepon seseorang. "Ta, Credit Card kamu udah Papa aktifkan lagi. Tapi !!! Jangan pernah bilang Mama soal si Ijah." Ita girang campur sebel. Ternyata Papanya menduakan Mama cuma demi pembantunya si Ijah. Ita langsung berlari tanpa sepatah katapun. Diluar, Ita bertemu Pak Udi, sopirnya yang sudah belasan tahun bekerja dirumahnya. Ita mulai usil lagi. Dia kesal juga, pasti dia tau soal si Ijah, tapi bungkam selama ini, gue kerjain juga nih, pikirnya. "Pak !!! Saya sudah tau semuanya." Ita benar-benar membuat kaget sopirnya. Pak Udi terbengong, dan perlahan meneteskan airmata, Ita malah bingung."Ita !!! Peluklah Bapakmu ini Sayang.. Akhirnya kau tahu juga Nak !"

38



i-Station Edisi Desember - Januari 2011-2012