Page 1

Rp 10,000

edisi

16 EDISI APRIL 2012 VOL. 03 NO. 4 www.theindustrialpost.com

Tiga “G”: Landasan Hubungan RI-Tiongkok

Kemitraan Pendidikan Inggris-Indonesia Semakin Erat

Opini A2

RI Basis Produksi Toyota Untuk IMV Bermesin Bensin

Pendidikan A6

Industri B2

“Indonesia Sanggup Memimpin Dunia” Apa syaratnya untuk Indonesia memimpin dunia?

Oleh Rachmat Wirasena Suryo

JAKARTA (IP) – Perdana Menteri Inggris David Cameron,yang melakukan kunjungan kenegaraan selama dua hari ke Indonesia awal bulan ini, memuji transformasi politik Indonesia. Dalam pidato yang disampaikan di hadapan Menteri Pendidikan Muhammad Nuh dan jajaran civitas academica Universitas Islam Al Azhar, Jakarta, Cameron menegaskan transformasi sistem pemerintahan diktator menjadi sistem pemerintahan demokratis di Indonesia, yang berlangsung hanya dalam beberapa tahun, melampaui proses perubahan di Inggris yang harus berlangsung ratusan tahun. Menurut Cameron, Indonesia adalah contoh nyata bagi negara muslim di dunia dalam mengatasi ekstrimisme. “Indonesia juga membuktikan bahwa ternyata demokrasi dan Islam dapat berjalan seiring dan sejalan. Indonesia bisa menjadi pemimpin dunia karena perannya sangat penting dalam berbagi pengalaman dengan negaranegara lain yang tengah menghadapi persoalan serupa.” Industrial Post mewawancarai pemimpin organisasi buruh Mukhtar Pakpahan untuk menanggapi pernyataan Cameron itu. Mungkinkah memimpin dunia?

Indonesia

Sangat mungkin apabila pemimpinnya seperti mantan Presiden Brazilia Lula da Silva, atau Nelson Mandela, mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela atau mantan presiden Polandia Lech Walesa. Yang terpenting untuk dipelajari dari mereka adalah komitmen dan kejujuran, yang tidak dimiliki para pemimpin Indonesia saat ini.

Bila dilihat dari potensi manusia dan potensi alam, sangat mungkin kita memimpin. Dari segi jumlah penduduk, kita terbanyak ke-empat di dunia. Dan dengan kualitas penduduk kita, sangat mungkin kita memimpin dunia. Banyak mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat di jurusan fisika menjadi nomor satu. Di berbagai jurusan pasti ada orang Indonesia sebagai nomor satu. Tapi ketika mereka balik ke Indonesia, mereka keok dan tidak bisa bikin apa-apa.

Indonesia harus bersih dari korupsi, hukum harus ditegakkan tanpa pilih bulu dan perlindungan HAM dijalankan bagi semua orang. Demokrasi harus berjalan secara riil dan tidak manipulatif di semua jajaran, mulai dari pusat, provinsi hingga kabupaten. Lalu, keadilan sosial harus dirasakan rakyat. Bagaimana keadilan sosial itu? Semua harus minimal melewati pendidikan SLA. Sekarang, 85% rakyat Papua asli masih buta huruf, begitu juga dengan orang Dayak, merekadan suku-suku lainnya masih tinggi angka buta hurufnya. Kalau terjadi ketidakadilan, pasti akan terjadi ketidakpuasan yang bisa berupa apa saja, mulai dari yang halus hingga brutal, khususnya oleh masyarakat yang merasakan ketidakadilan.

Bagaimana membuat birokrasi bersih dari korupsi? Syarat utama adalah penghasilan pegawai negeri dan pejabat harus lebih dari cukup dan di atas batas kelayakan. Setelah itu disusul dengan pendisiplinan menurut hukum yang berlaku. Kalau penghasilan tidak memadai maka tidak akan pernah terbentuk birokrasi yang bersih di Indonesia. Yang paling konkrit adalah Singapura; pada 1983 perdana menteri Singapura adalah penerima gaji tertinggi di dunia dan waktu itu pemimpin penerima gaji terendah adalah Soeharto. Namun pada 2003 Sekjen PBB Kofie Anan mengumumkan mantan pemimpin yang terkaya adalah Soeharto dengan kekayaan $58 miliar. Jadi langkah pertama adalah begitu seseorang menjadi pegawai negeri, hidupnya sudah harus terjamin. Seperti halnya polisi di Singapura, ketika ada urusan kita sogok, dia akan

tersinggung dan hukuman kita bertambah. Sebaliknya di Indonesia, kalau kita berurusan dengan polisi, tidak kita sogok dia tersinggung dan hukuman kita ditambah.

kota/kabupaten. Membangun sistem yang baik itu adalah seperti mandi, kalau mau bersih semua harus dimulai dari kepala. Kalau hanya wajah namanya cuci muka.

Dari pemimpin-pemimpin politik yang sekarang belum ada yang memberi harapan baru.

Sebagai contoh konkrit, mengapa pegawai penjara kebobolan terus?

Solo yang bagus tidak ketahuan di luar negeri. Apabila Jokowi bisa menjadi Gurbernur dan melakukan hal yang sama untuk Jakarta seperti yang dia lakukan untuk Solo, baru bisa dipublikasi di daerah lainnya dan dilihat dunia. Contoh gubernur yang baik adalah Fadel Muhammad, selain itu tidak ada lagi. Karena beban politik yang tinggi, dia harus menyenangkan banyak pihak dengan kebijakannya. Walaupun dengan sistem yang ada sekarang, kalau datang pemimpin yang committed, kuat dan akhirnya merubah sistem yang ada sekarang, maka dia bisa memimpin Indonesia. Seperti Kim Dae-yung, yang berhasil menerapkan budaya malu sampai sekarang, pemimpin penggantinya baru diberitakan korupsi saja langsung bunuh diri. Namun di sini terbalik, yang mengadukan korupsi justru terancam hidupnya dan dipenjara.

Dahlan belum pernah memperlihatkan bahwa dia membela kepentingan orang, selama ini dia membela kepentingan perusahaannya Jawa Pos. Namun sebagai Meneg BUMN dia memberikan harapan baru. Tetapi apakah dia negarawan? Jawabannya, saya belum yakin. Jadi kita lihat saja dulu seberapa konsistennya dia. Yang dibutuhkan negara ini adalah orang yang berempati kepada kehidupan rakyat banyak sepanjang hidupnya seperti yang dilakukan umumnya pemimpin buruh. Serikat buruh tidak suka dengan Dahlan Iskan, karena ia menindak pimpinan serikat buruh PLN gara-gara mengritik kebijakan Dirut PLN. BUMN itu milik negara, bukan perusahaan dia. Rakyat sebagai pemegang sahamnya berkewajiban menjaganya. Jadi dia tidak bisa seleluasa seperti perusahaan Jawa Pos miliknya.

Jawabnya karena penghasilan Pegawai penjara untuk sekedar hidup saja tidak cukup, lalu ada yang menawarkan uang tambahan bahkan melebihi gajinya. Menurut saya, adalah normal kalau mereka tergiur. Dia tidak takut dipecat, dia siap pasang badan. Karena pegawai yang jujur kalau tidak terima apa-apa atau tidak menambah penghasilan dari pekerjaannya akan mati kelaparan. Polisi pun begitu. Karena negara tidak memberi penghasilan yang cukup, korupsilah mereka. Minimal korupsi jabatan kalau tidak bisa korupsi uang negara. Maka jangan harap Indonesia bisa memimpin dunia kalau birokrasinya bobrok kayak sekarang. Dalam beberapa hal kita adalah negara terburuk sekarang. Terkorup, tertinggi angka human trafficking, tersemrawut lalu lintasnya, terbobrok lingkungannya, dan Jakarta paling bobrok penataannya di dunia. Menata kota saja kita gagal, bagaimana mau memimpin dunia?

Jadi syarat konkritnya apa? Syaratnya adalah datang pemimpin yang seperti Kim Daeyung, Nelson Mandela, Lula da Silva atau Lech Walesa.

Apakah mungkin menerapkan sistem yang baik diawali dari yang kecil? Sistem yang baik dijalankan dimulai dari daerah yang kecil akan sulit mempengaruhi yang

Muchtar Pakpahan

Indonesia harus bersih dari korupsi, hukum harus ditegakkan tanpa pilih bulu dan perlindungan HAM dijalankan bagi semua orang. Demokrasi harus berjalan secara riil dan tidak manipulatif di semua jajaran, mulai dari pusat, provinsi hingga kabupaten. besar. Karena begitu bupati atau gubernur tersebut habis masanya, mereka tidak meninggalkan sistem yang baik yang bisa dijalankan oleh penerusnya. Yang ada sistem baru dengan peraturan baru dan bukan perbaikan dari yang lama menjadi yang lebih baik. Lihat saja apa yang dilakukan Walikota Solo dan Bupati Jembrana, mereka tidak sanggup mempengaruhi pusat. Tetapi sekiranya Presiden SBY seperti Jokowi, pasti mempengaruhi seluruh Indonesia. Bayangkan, tidak sampai 10 kota kabupaten yang pantas dicontoh dari 500

Kembali ke penegakan hukum, yang membuat berhasil penegakan hukum ya Presiden, tidak bisa dari bawah. Kalau dari bawah berarti melawan hukum, seperti Jokowi yang menolak dibangunkan mal dan memilih membangun pasar untuk rakyat. Namun berapa orang seperti Jokowi untuk membuat perubahan yang besar?

Bagaimana dengan calon pemimpin berikutnya pada 2014? Calon pemimpin yang sekarang tidak ada yang mempunyai komitmen yang terukur.

Bagaimana dengan peluang Dahlan Iskan menjadi pemimpin berikutnya?

Adakah orang yang mendekati kriteria Bapak sebagai orang tersebut? Saya sebetulnya sanggup untuk itu, tetapi tangga menuju itu sulit. Tokoh lain adalah Kwik Kian Gie, sayang dia Tionghoa. Dia getol dari dulu. Waktu menjadi menteri pun dia fight. Dia terus berteriak seakan dia tidak menteri. Lalu Mahfud MD, sebagai menteri pertahanan dia melakukan demiliterisasi walaupun itu perintah Gus Dur. Lalu ketika dia di DPR dan MA, dia memperlihatkan komitmennya dan tidak mau digoyang siapapun. Dia ada harapan. Tetapi tangga menuju ke posisi presiden sulit.


A2 Opini

EDISI APRIL 2012 www.theindustrialpost.com

Tiga “G”: Landasan Hubungan RI-Tiongkok Tiongkok atau China menganggap Indonesia sebagai “3 G”, yaitu “good friend, good neighbor and good partner” (teman baik, tetangga yang baik dan mitra yang baik), yang mempunyai peran penting di wilayah Asia, terutama ASEAN www.presidensby.info/Muchlis

Oleh Fardah Assegaf

S

ehubungan dengan kunjungan kenegaraan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Beijing bilan lalu, Pemerintah Tiongkok makin menegaskan hubungannya yang erat dengan Indonesia dan dukungan kuatnya untuk membantu pembangunan di Indonesia. Tiongkok atau China menganggap Indonesia sebagai “3 G”, yaitu “good friend, good neighbor and good partner” (teman baik, tetangga yang baik dan mitra yang baik), yang mempunyai peran penting di wilayah Asia, terutama ASEAN, kata Wakil Menteri Luar Negeri Tiongkok Fu Ying, kepada sejumlah wartawan Indonesia, di Beijing, pada 13 Maret, 2012. “Kunjungan kenegaraan Presiden Yudhoyono sangatlah penting karena akan memberi dorongan kuat bagi hubungan bilateral yang erat antara Tiongkok dan Indonesia,” tegas Fu Ying, yang pernah bertugas sebagai diplomat di Jakarta, dari 1997 hingga 1999. Yudhoyono mengadakan lawatan kenegaraan di Beijing, 2224 Maret, dan antara lain bertemu dengan Presiden Tiongkok Hu Jintao untuk membahas masalah hubungan bilateral, regional, dan internasional. “Presiden Yudhoyono sudah berkunjung lima kali ke Tiongkok, dan ini kunjungan kenegaraan ke-2, sangat penting,” kata Wamenlu yang masih terlihat cantik itu. Salah satu topik yang dibahas di Beijing adalah partisipasi Tiongkok dalam pembangunan enam koridor ekonomi Indonesia, ujarnya. Tiongkok yang berpenduduk lebih dari satu miliar dan telah menjelma menjadi salah satu negara raksasa perekonomian dunia ini, mempunyai banyak pengalaman dan keahlian di bidang pembangunan infrastruktur.

Pemerintahnya telah berkomitmen untuk membantu Indonesia dalam pembangunan infrastruktur dengan antara lain menyediakan pinjaman ekspor preferensial (preferential export buyers` credit) sebesar $2.8 miliar, yang $1.8 miliar, di antaranya telah digunakan oleh Indonesia, menurut Liang Wentao, Deputi Direktor Jenderal untuk Asia di Kementerian Perdagangan Tiongkok, di Beijing baru-baru ini. Pinjaman itu antara lain telah digunakan untuk membangun jembatan Suramadu, yang menghubungkan Surabaya dengan Pulau Madura, jembatan terbesar yang menyeberangi lautan di Asia Tenggara.

tal sekitar $6 miliar di Indonesia hingga 2010.

Indonesia saat ini mitra dagang terbesar nomor empat bagi Tiongkok di ASEAN setelah Malaysia, Singapura dan Thailand. Indonesia kelak akan menjadi mitra dagang nomor satu di ASEAN.”

Pemerintah Tiongkok juga mendorong rakyat China untuk melakukan lawatan wisata ke Indonesia, serta perusahaan China berinvestasi di Indonesia. “Perekonomian anda (Indonesia) sehat. Konsumsi domestik menyumbang 50-60% untuk pertumbuhan ekonomi Anda. Indonesia juga berhasil menarik investasi dengan nilai yang besar. Tiongkok sangat senang dengan situasi ekonomi di Indonesia,” kata Fu Ying.

gan ditandatanganinya Plan of Action kemitraan Strategis pada 2010, Joint Communique oleh Presiden Yudhoyono dan PM Wen Jiabao pada 2011 di Jakarta, dan kunjungan Presiden RI ke RRT pada akhir bulan lalu,” kata Dubes Imran.

Ia memuji Indonesia sebagai contoh negara yang berhasil menjalankan transisi politik dan ekonomi. Pihak Tiongkok ingin melihat Indonesia menjadi bangsa yang semakin kuat dan makmur, tambahnya. “Kami merasa sangat nyaman dengan hubungan bilateral kami dengan Indonesia. Selama ini, kami tidak pernah menghadapi hambatan yang serius, atau perasaan yang buruk,” katanya.

“Lokomotif” Pernyataan yang serupa juga diungkapkan oleh Dubes RI untuk Tiongkok Imran Cotan yang menegaskan bahwa Indonesia memandang Tiongkok, yang kini merupakan “lokomotif” ekonomi dunia, sebagai peluang (opportunity) dan bukan tantangan (challenge). “Banyak negara lain yang melihat Tiongkok sebagai `gadis cantik` yang kaya. Jadi mereka

Namun, Dubes RI beranggapan nilai investasi itu belum mencerminkan kapasitas ekonomi Tiongkok yang “outward direct investment”nya mencapai $60.1 miliar dolar. Ia optimistis nilai investasi Tiongkok di Indonesia akan terus meningkat mengingat minat investor Tiongkok yang besar untuk berinvestasi di Indonesia karena Indonesia merupakan pasar yang sangat besar, secara politis stabil dan mempunyai kekayaan sumber daya alam dan sumber daya manusia. “Tiongkok merupakan mitra dagang Indonesia terbesar nomor dua setelah Jepang,” kata Dubes RI.

Indonesia dan Cina semakin memperkokoh fondasi hubungan kedua negara dengan ditandatanganinya Plan of Action kemitraan Strategis pada 2010, Joint Communique oleh Presiden Yudhoyono dan PM Wen Jiabao pada 2011 di Jakarta, dan kunjungan Presiden RI ke RRT pada akhir bulan lalu

semua ingin mempunyai hubungan yang khusus dengan Tiongkok. Oleh karena itu tak heran jika tidak ada hari tanpa kunjungan pejabat penting dari berbagai negara ke Tiongkok,” ujar Dubes Imran di Beijing. Dubes berpendapat bahwa kunjungan kenegaraan Presi-

den Yudhoyono ke Beijing sudah waktunya mengingat undangan pemerintah Tiongkok kepada Presiden telah disampaikan beberapa kali sejak beberapa tahun lalu. Pada 2005, Presiden Hu Jintao melakukan kunjungan kenega-

raan di Indonesia, dan mengundang Presiden Yudhoyono untuk melawat ke Beijing. Sejak kedua negara menjalin kemitraan strategis pada 2005, hubungan ekonomi dan perdagangan meningkat sangat tajam. “Fondasi hubungan kedua negara semakin diperkokoh den-

Berdasarkan data Pemerintah Tiongkok, volume perdagangan kedua negara pada 2011 mencapai $60.58, naik sekitar 42% dari $42.7 miliar pada 2010. Kenaikan itu tercepat nomor dua di antara negara anggota ASEAN, setelah Myanmar. “Indonesia saat ini mitra dagang terbesar nomor empat bagi Tiongkok di ASEAN setelah Malaysia, Singapura dan Thailand. Indonesia kelak akan menjadi mitra dagang nomor satu di ASEAN. Itu menjadi harapan saya pribadi,” kata Liang Wentao. Ia merasa puas melihat hubungan perdagangan kedua negara cukup sehat kerena nilainya hampir seimbang, dengan Tiongkok mengalami defisit hanya sekitar $2 miliar. Menurut versi pemerintah Indonesia, justeru Indonesia yang mengalami defisit. Lebih dari 1,000 perusahaan Tiongkok telah menanamkan modal mereka dengan nilai to-

Pada 15 Maret 2012, Dubes Imran meresmikan pembukaan kantor Konsulat Jenderal (konjen) RI di Shanghai, setelah sebelumnya Indonesia mempunyai kantor Konjen di Guangzhou dan Hong Kong. Di bidang politik, Wamenlu Fu Ying memuji peran Indonesia dalam menengahi masalah Laut China Selatan untuk mendapatkan solusi damai. Masalah Laut China Selatan cukup rumit karena menyangkut negara-negara tetangga. Oleh karena itu, upaya mencari solusi damai sangat penting, tambahnya. Tiongkok berharap Indonesia akan terus memainkan peranan yang konstruktif dan positif guna mempertahankan perdamaian dan stabilitas regional, ujarnya. Eratnya hubungan Indonesia dan Tiongkok digambarkan lebih gamblang lagi oleh Deputi Direktor Jenderal Urusan Asia di Kemlu China Hong Liang, yang menegaskan “Kebijakan kami adalah kami ingin menjadi teman, mitra dan juga saudara bagi Indonesia.” Kedua negara harus bekerja sama erat untuk mendorong pembangunan ekonomi yang bisa membuat penduduk Indonesia dan China lebih sejahtera lagi, ujarnya. Antara

BERLANGGANAN SEKARANG! Data Pribadi

Ya! Saya ingin berlangganan

Industrial Post

Industrial Post - Departemen Sirkulasi

Menara Batavia 25th Floor Jl. K.H. Mas Mansyur Kav. 126 Jakarta 10220, Indonesia Telp.: +62 21 572 7337 Faks.: +62 21 572 7338 Email: sales@theindustrialpost.com

Jabodetabek

HEMAT

6 Edisi

Rp. 60,000

-

12 Edisi

Rp. 108,000

10%

18 Edisi

Rp. 153,000

15%

24 Edisi

Rp. 192,000

20%

DITERBITKAN OLEH: PT Sarana Pratama Pengembangan Kota

PENASIHAT Ali Basyah Suryo

LAYOUT & DESAIN Mohamad Akmal

Menara Batavia Lantai 25 Jl. K.H. Mas Mansyur Kav. 126 Jakarta 10220, Indonesia Phone : (021) 572 7337 Fax : (021) 572 7338 Email : ceo@theindustrialpost.com Web : www.theindustrialpost.com

CEO & PEMIMPIN REDAKSI Rachmat Wirasena Suryo

HEAD OF SALES & MARKETING Detia Rais

KONTRIBUTOR Atmono Suryo Cyrillus Harinowo Hadiwerdoyo Jeannifer Filly Sumayku Eka Putri

FOTOGRAFER Heros Barasakti

SIRKULASI Srimay Noviani

DEPARTEMEN WEB Reza Ganesha Partakusuma

Tn.

Alamat

Ny.

Rumah

Kantor Kode Pos

Tanggal lahir Nama Perusahaan

Jabatan

Telp. HP Email

Metode Pembayaran

Kirim form ini dan bukti pembayaran melalui fax: +62 21 572 7338 Untuk info lebih lanjut, hubungi: +62 21 572 7337

Nama

Transfer ke: Bank OCBC NISP Capitol Cabang Cikarang 101.010.00016.5 Atas nama PT. Sarana Pratama Pengembangan Kota

Surat kabar bisnis lain yang anda baca?

Faks.


Opini A3

EDISI APRIL 2012 www.theindustrialpost.com

Sebuah Mimpi Membangun Hubungan Industrial yang Ideal Hubungan industrial yang ideal adalah hubungan industrial yang sistemnya dibangun dengan prinsip harmonis, dinamis, demokratis, berkeadilan dan berkesejahteraan. dibahas di TRUP-FSUI (Tim Reformasi Undang-Undang Perburuhan-Forum Solidaritas Union Indonesia). Kemudian butir-butir penting dari tujuh draft RUU itu dibahas juga dalam Konfrensi Bipartit Nasional. Berikut inilah postulat isi dari ketujuh RUU tersebut.

Kebebasan berserikat Oleh Muchtar Pakpahan

H

ubungan industrial yang ideal adalah hubungan industrial yang sistemnya dibangun dengan prinsip harmonis, dinamis, demokratis, berkeadilan dan berkesejahteraan. Pada Maret 2000, KADIN/APINDO bersama KSBSI dan KSPSI menyelenggarakan Konferensi Bipartit Nasional di Hotel Grand Melia dan Gedung Apindo yang diikuti ± 400 orang mewakili organisasi pengusaha dan federasifederasi serikat buruh/pekerja. Hubungan industrial yang ideal yang saya maksudkan adalah kesepakatan Konferensi Bipartit Nasional tersebut yang merujuk Sistem Hubungan Industrial Jepang dibuat menjadi acuan. Mengapa Jepang dibuat menjadi rujukan? Ekonomi Jepang paling kuat, pengusaha Jepang beruntung dan buruh Jepang termasuk paling makmur di dunia. Kenyataan ke-dua, di Jepang tidak pernah ada mogok/ demonstrasi ataupun lock out di tingkat perusahaan yang diakibatkan perselisihan industrial tingkat perusahaan. Kenyataan ke-tiga, buruh Jepang adalah pekerja keras, cerdas dan jujur. Penulis yakin bahwa kemajuan perekonomian Jepang adalah karena fondasi hubungan industrialnya yang benar. Sebelum konferensi itu berlangsung, Penulis telah menyiapkan tujuh draft RUU hubungan industrial dengan membuat Jepang sebagai rujukan yang dibahas dalam Tim Hukum Perburuhan KSBSI kemudian

Kebebasan berserikat bagi buruh adalah dasar dan awal mensejahterakan buruh. Di gerakan buruh dunia ada gagasan yang berbunyi “strong Union be welfare and people welfare must be strong Union”. Itu berarti kebebasan berserikat sangat penting bagi buruh/ pekerja. Dalam rangka membangun serikat buruh yang kuat, perlu diadakan regulasi berikut ini: • Buruh bebas menjadi anggota suatu serikat buruh dan juga bebas menjadi tidak anggota. Yang melanggar prinsip ini menjadi kategori pelanggaran HAM, termasuk pidana • Buruh yang sudah anggota suatu serikat buruh dan menandatangani gajinya dipotong untuk iuran keanggotaan, perusahaan tempat kerja wajib memotong dan mengirimkannya ke rekening yang diminta sesuai dengan jumlah yang diminta/sewaktu buruh menandatangani pernyataan. Ini disebut COS (Check of System) atau disebut juga potong atas • Buruh/pekerja yang tidak menjadi anggota serikat buruh wajib menyumbangkan sebesar iuran anggota salah satu serikat buruh yang dipilihnya. Boleh tidak menjadi anggota akan tetapi wajib memberi donasi, karena dia menikmati hasil perjuangan serikat buruh. Ini disebut Positive Union Shop (sikap positif kepada serikat buruh • Dibentuk Dewan Buruh Nasional (DBN), Dewan Buruh Propinsi (DBP) dan Dewan Buruh Kota/kabupaten (DBK) agar ada wakil buruh di bipartite, tripartite, ILO, WTO, IMF dan WB. Minimal setiap 10 orang buruh dapat mendi-

rikan serikat buruh perusahaan (SBP). Minimal gabungan 3 SBP berhak menjadi anggota DBK. Minimal gabungan 1/3 DBK di satu provinsi berhak menjadi anggota DBP, selanjutnya minimal 1/3 DBP berhak menjadi anggota DBN. Jumlah delegasi setiap serikat pekerja/buruh diatur secara proporsional • Ada dana dari pajak buruh yang diserahkan kepada serikat buruh dalam rangka penguatan serikat buruh dan pendidikan/pelatihan buruh • Di setiap perusahaan sedapat mungkin ada ruangan untuk kantor serikat buruh Setelah proses di DPR, kemudian menjadi UU No. 21/2000, materinya banyak berubah dari draft asli. Dampaknya membuat pendirian serikat buruh sebebas-bebasnya tanpa syarat, akibatnya melemahkan perjuangan serikat buruh.

PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) Pembahasan topik ini sangat penting sebab jaminan ketenangan bekerja bagi buruh mutlak perlu diciptakan. Dalam rangka menciptakan ketenangan bekerja diperlukan regulasi berikut ini: • Pada dasarnya tidak diizinkan/diperbolehkan PHK, kecuali karena dua alasan. Alasan itu ialah karena buruh melakukan kriminal dan atau perusahaan bangkrut. Kriminal ada dua jenis, melakukan tindak pidana lalu dihukum penjara dan kriminal kerja, maksudnya mengganggu kerja, merusak produksi dan bolos-bolos • Buruh yang melakukan tindak kriminal tidak mendapatkan imbalan apapun, tidak ada pesangon dan tidak ada pension • PHK karena bangkrut mendapat dana pengangguran dan santunan pensiun seumur hidup. Kalau dulu dari Jamsostek, di masa depan dari BPJS • Pada pekerjaan permanen (permanent job), semua men-

jadi buruh tetap tidak diperkenankan adanya buruh kontrak dan outsourching. Setelah seseorang sudah melewati tenggang masa percobaan, yang bersangkutan otomatis demi hukum menjadi buruh/tenaga tetap • Serikat buruh perusahaan wajib ikut memproses PHK karena kriminal dan atau bangkrut

Pengupahan Upah atau gaji adalah tujuan membuat adanya hubungan industrial karena itu hal yang penting dibicarakan dengan membuat regulasi berikut ini: • Upah dibicarakan secara bipartit sektoral nasional, dan ditetapkan jumlah minimum secara sektoral nasional • Hidup layak adalah menjadi dasar penetapan upah. Dari upahnya, buruh dapat menghidupi diri dan keluarganya secara layak. Layak berarti menikmati makanan dan minuman yang sehat, dapat memiliki rumah, anak dapat sekolah minimal SLA, ada jaminan hari tua dan sekali setahun dapat menikmati liburan • Realitas besaran upah dibicarakan di bipartite tingkat perusahaan, penghasilan sebelumnya dibuat menjadi acuan. Kemampuan real perusahaan dibuat menjadi dasar penghitungan dikaitkan dengan hidup layak. Karena itu mutlak transparansi keuangan dan diketahui oleh serikat buruh • Demi hukum ditetapkan 20% dari keuntungan bersih setiap tahun diberikan kepada buruh secara kolektif sebagai bonus. Karena itu ada wakil/buruh di Dewan Direksi dan di Komisaris. Tidak hanya dalam rangka menghitung keuangan, tetapi juga merencanakan proses produksi perusahaan. Inti dari butir ini akan membuat rasa tanggung jawab dan rasa memiliki (sense of responsibility and sense of belonging) akan kuat melekat di hati setiap buruh. Dan sistem ini juga akan membuat buda-

ya kerja keras dan menghasilkan produktivitas yang tinggi.

PKB (Perjanjian Kerja Bersama) Fungsi PKB sangat penting membangun hubungan industrial yang harmonis, dinamis, demokratis, berkeadilan dan berkesejahteraan. Dalam rangka mencapai PKB yang seperti itu, dibuatlah regulasi seperti berikut ini: • Segala hal yang berhubungan dengan syarat kerja, upah PHK, libur, jam kerja dan kenaikan pangkat/rangking diatur dalam PKB • PKB ditandatangani wakil buruh dari serikat buruh yang ada di perusahaan. Bila serikat buruh hanya satu maka otomatis serikat buruh yang satu itu wakil buruh. Bila lebih dari satu, ditetapkan secara proporsional, anggotanya 10100 buruh; 3 wakil. 101-1000; 5 wakil, 1000-5000; 7 wakil di atas 5000; 9 wakil. Untuk itu diperlukan verifikasi tripartit (dinas tenaga kerja, manajemen dan serikat buruh) • PKB dibuat untuk setiap dua tahun berdasarkan perundingan yang kenyataannya berlangsung. PKB ditandatangani wakil buruh dan wakil manajemen • Bila terjadi perbedaan di wakil buruh ditetapkan berdasarkan suara terbanyak di kalangan wakil buruh tersebut.

Pendidikan, Pelatihan dan Pengupahan Ada tingkatan pengupahan berdasarkan grade pangkat dari setiap buruh. Demikian juga kenaikan upah berlangsung juga berdasarkan kenaikan regular dan kenaikan prestasi. Untuk menerapkannya dibuat regulasi seperti berikut: • Di setiap perusahaan perlu ada grade/pangkat sebagai sistem jenjang penggajian, berdasarkan ijazah, pengalaman kerja, jabatan dan kreativitas • Di dalam pendidikan dan latihan meningkatkan mutu kerja yang muaranya meningkatkan produktivitas. Serikat buruh dan manajemen ber-

sama-sama menentukan jenis pendidikan dan latihan yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan. Draft RUU PHK, PKB, Pengupahan dan pendidikan/pelatihan menjadi UU No. 13/2003. UU ini membuat pengusaha dan serikat buruh menjadi berseberangan, jauh dari semangat kemitraan. Sepanjang UU No. 13/2003 eksis, selama itu hubungan industrial akan senantiasa dalam suasana tidak harmonis. Jaminan Sosial Buruh - Jamsosbur pengganti Jamsostek Penyelenggaraan Jamsosbur (Jaminan Sosial Buruh) adalah jaminan kesejahteraan buruh seumur hidup dengan regulasi seperti berikut: • Penyelenggara Jamsosbur adalah Badan Hukum Perkumpulan bersifat wali amanah (sosial), nirlaba, dikelola bersama tripartite yakni pemerintah, APINDO dan serikat buruh. Badan ini diketuai Presiden sedangkan Menteri Tenaga Kerja menjadi Ketua harian • Tujuannya adalah mensejahterakan buruh. Segala kegiatan dan pengelolaan dana Jamsosbur ditujukan untuk mensejahterakan buruh • Programnya adalah dana pensiun sesudah umur 60 tahun, seumur hidup, jaminan kesehatan seumur hidup dan dana tunjangan pengangguran 75% dari gajinya ketika di PHK karena perusahaan bangkrut • Iurannya dipotong dari gaji/ upah buruh + perusahaan, misalnya dari perusahaan/ tempat kerja 13% atau 1 berbanding 2, ditambah iuran dari Negara melalui APBN • Pengelola terdiri dari para professional yang diangkat dan diberhentikan oleh penyelenggara • Semua pemberi kerja apabila mempunyai buruh 10 orang ke atas wajib mendaftarkan buruhnya menjadi peserta Jamsosbur, yang tidak mendaftarkan menjadi perbuatan pidana. Syukurlah ini sudah

menjadi UU No. 24/2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)

Peradilan Perburuhan RUU Peradilan perburuhan diganti nama dengan penyelesaian perselisihan hubungan industrial. Bila tetap terjadi perselisihan industrial walaupun dengan regulasi di atas diadakan peradilan perburuhan yang penyelesaiannya cepat, adil dan tidak berbiaya dengan regulasi berikut ini: • Perkara perburuhan/hubungan industrial diselesaikan dengan dasar cepat adil dan tidak berbiaya • Sejak adanya perselisihan di Disnaker, ke PHI dan kasasi Mahkamah Agung hingga putusan Mahkamah Agung paling lama 120 hari kerja. Kenyataan UU No. 2/2004, khususnya mengenai lama waktu tidak dipatuhi mahkamah Agung • Di tingkat pengadilan pertama dan kasasi ada hakim ad hoc wakil serikat buruh dan wakil APINDO. Ketika buruh berpekara di PHI, buruh memilih hakimnya dari daftar yang tersedia, hakim ad hoc yang tersedia dibuat dalam daftar bertugas menjaga kepentingan yang diwakilinya sedangkan hakim yang ke-tiga menjadi ketua majelis yang diangkat dari Hakim Pengadilan Negeri • Serikat buruh dan asosiasi perusahaan mempunyai kewenangan mewakili anggotanya di peradilan perburuhan. Setelah mengemukakan konsep di atas, penulis berani berkesimpulan, hanya dengan sistem seperti itu akan tercipta hubungan industrial yang ideal, yang selanjutnya membuat hubungan industrial kita damai, pengusaha tenang bekerja, perusahaan beruntung, dan buruh makmur/sejahtera. Tanpa sistem yang ideal, kondisinya akan begini terus, senantiasa ancaman mogok dan demonstrasi sesewaktu akan terjadi. Penulis adalah dosen/ MPO KSBSI


A4 Profil

EDISI APRIL 2012 www.theindustrialpost.com

SAMSUNG: Teknologi Terbaru, Produk Inovatif, dan Solusi Kreatif www.myshop.com.pk

Samsung adalah perusahaan multinasional asal Korea Selatan yang kini produknya berkembang pesat dengan spesialisasi pada alat elektronik. Selama lebih dari 70 tahun Samsung telah menjadi yang terdepan dalam inovasi. Tak bisa dipungkiri, penemuan, ciptaan dan produk terobosan Samsung telah membantu membentuk sejarah revolusi digital.

www.social-catalog.com

oleh anaknya, Lee Kun-Hee. Pada 1993, Lee Kun-hee menjual sepuluh anak perusahaan Samsung Group, merampingkan perusahaan dan operasi lainnya untuk berkonsentrasi pada tiga industry, yaitu elektronik, teknik, dan bahan kimia. Pada periode tersebut bisnis Samsung mulai melintasi perbatasan antar negara dan perusahaan. Samsung memulai ekspansi global dengan mendirikan pabrik perakitan produk di berbagai tempat seperti Amerika Serikat, Jerman, Thailand, Inggris, Meksiko, Portugal, Cina, dan Indonesia.

Geesung Choi: Membawa Samsung Menjadi Pemimpin Industri Elektronik Dunia Gee-Sung Choi memiliki ambisi untuk meningkatkan pendapatan Samsung dari $116 miliar menjadi $400 miliar pada 2020. Samsung Electronics telah berkembang menjadi pemimpin dalam industri elektronik konsumen. Pada 2006, Samsung melampaui Sony dalam penjualan televisi di dunia dan tetap berada di posisi pertama sampai 2012 ini. Selain itu, ketika Apple telah meliputi pasar Amerika dengan iPhone, Samsung tetap menjadi produsen smartphone terbesar di dunia dengan terus menciptakan gadget canggih dan berkualitas dengan harga yang terjangkau. Keberhasilan Samsung ini sebagian besar disebabkan oleh Gee-Sung Choi, Vice Chairman dan CEO dari Samsung Electronics. Gee-Sung Choi memiliki ambisi untuk meningkatkan pendapatan Samsung dari $116 miliar menjadi $400 miliar pada 2020. Untuk mewujudkannya, Choi akan terus membidik penjualan, termasuk layar datar, memory chips dan ponsel. Ambisi itu mulai terwujud perlahan, di mana kini Samsung telah berhasil meningkatkan pangsa pasar ponsel dan mengalahkan pemimpin industri, Nokia. Pada pertemuan tahunan perusahaan, Choi mengatakan, “untuk menghasilkan nilai baru yang khas, perusahaan akan terus mening-

katkan daya saing perangkat keras (hardware) dari bisnis inti dan juga bekerja pada peningkatan daya saing “teknologi lunak” (soft technologies) sebagai perangkat lunak, desain, dan pelayanan. Momentum pertumbuhan baru akan dibangun untuk area bisnis di mana perusahaan sedang mendorong untuk mengembangkan daya saing mendasar.” Pernyataan Choi tersebut merupakan isyarat bahwa Samsung siap untuk menjawab tantangan kompetisi global sekarang ini. Untuk rencana bisnis sepanjang 2012, Choi menyatakan akan semakin memperkuat kepemimpinan di pasar TV dengan menawarkan produk baru dan pelayanan dengan meluncurkan generasi kedua TV pintar (smart TVs). Untuk handset, Samsung akan terus mengembangkan smartphone dan akan memimpin sektor baru seperti LTE, Note, dan Tablet. Untuk semikonduktor, Samsung akan memperluas jarak dengan pesaingnya dengan memperkuat teknologi seperti untuk LCD yang akan meningkatkan keseluruhan efisiensi untuk bertahan dari kemerosotan pasar.

Fokus Samsung yang semakin meningkat pada teknologi dibuktikan dengan didirikannya pusat penelitian dan pengembangan perusahaan (R&D). Jaringan penelitan dan pengembangannya meliputi enam pusat di Korea dan 18 lainnya di sembilan negara lain, Amerika Utara, Inggris, Rusia, India, Jepang, Israel, dan Cina. Pada 2010 Samsung menginvestasikan $8 juta untuk penelitian dan pengembangan.

P

roduk besutan Samsung yang sedang menjadi sorotan masyarakat dunia saat ini adalah smartphone dengan fitur-fitur andalan khas Samsung, yang kini telah mengalahkan posisi Nokia sebagai pemimpin pasar ponsel global selama 14 tahun. Jajak pendapat dari Reuters terhadap para analis industri menunjukkan rata-rata analis memprediksi Samsung telah menjual 88 juta ponsel pada Januari sampai Maret 2012, melebihi 83 juta ponsel Nokia yang terjual di kuartal ini. Smartphone Samsung merupakan produk dari Samsung Electronics yang merupakan salah satu anak perusahaan dan ikon dari Samsung Group. Samsung Electronic memiliki misi untuk menginspirasi masyarakat dengan memanfaatkan tiga kekuatan utama Samsung: Teknologi Terbaru, Produk Inovatif, dan Solusi Kreatif. Samsung Group didirikan pada 1 Maret 1938 oleh Lee Byung Chull, yang awalnya memulai bisnis kecil-kecilan yang bergerak di bidang ekspor barang dagangan seperti ikan, sayur, dan buah-buahan kering dari Korea ke Manchuria dan Beijing, modal awal usaha tersebut adalah 30,000 won. Kata Samsung memiliki arti “tiga bintang” dalam bahasa Korea. Secara internasional, orang mengasosiasikan nama Samsung dengan elektronik, teknologi informasi dan pengembangan. Dalam waktu satu dekade,

Samsung telah memiliki pabrik tepung dan pabrik gula, berikut mesin dan operasional penjualannya sendiri, dan akhirnya menjadi cikal-bakal sebuah perusahaan global modern yang saat ini masih tetap mengemban nama yang sama. Dari 1958 dan seterusnya Samsung mulai ekspansi ke industri lain seperti keuangan, media, bahan kimia dan pembangunan kapal. Baru kemudian pada 1969 Samsung Electronics didirikan dan memproduksi produk-produk Samsung yang paling terkenal, seperti televisi, ponsel, radio, komponen komputer dan perangkat elektronik lainnya. Samsung Electronics merupakan gabungan dari Samsung Semiconductor & Communications. Saat ini, Samsung Electronics adalah perusahaan yang memimpin pangsa pasar elektronik dunia dengan lebih dari 60 jenis produk, di antaranya Semikonduktor (DRAM, SDRAM, Flash Memory, Hard Drive), Penampil Digital (LCD, Plasma, OLED), Perangkat elektronik (TV, Pemutar DVD, Pemutar Blu-ray, home cinema, settop box, Proyektor), Perangkat bergerak (Handphone, Pemutar MP3, Kamera Digital, Camcorder), Perangkat computer (Monitor, Laptop, UMPC, Drive CD dan DVD, Printer laser, Faksimili), Perangkat rumah tangga (Kulkas, Mesin cuci, Microwave, Oven, Penyedot debu, Pendingin ruangan). Pada 1987, pendiri dan chairman Lee Byung-Chull meninggal dan jabatannya diambil alih

Samsung hadir di Indonesia pada Agustus 1991 yang ditandai dengan keluarnya ijin investasi dari pemerintah (BKPM) dengan nama perusahaan PT Samsung Metrodata Electronics. Pada saat itu, Samsung membangun pabrik yang terletak di kawasan industri Jababeka yang pembangunannya selesai pada Juni 1992. “Indonesia selama ini merupakan pasar yang istimewa bagi Samsung Electronics. Kami membuka pabrik kami di Indonesia pada 1992 untuk memanfaatkan peluang dari jumlah tenaga kerja Indonesia yang besar dan jumlah konsumen kelas menengah yang terus bertambah. Banyak produk kami, terutama dalam kategori TV, telah menjadi pemimpin pangsa pasar di Indonesia. Sejalan dengan semakin meningkatnya basis penduduk berpenghasilan menengah, kami percaya bahwa Indonesia cocok untuk perusahaan elektronik yang berkembang seperti Samsung,” kata Man Gyu Yim, President Director PT Samsung Electronics Indonesia (saat itu). Fokus Samsung yang semakin meningkat pada teknologi dibuktikan dengan didirikannya pusat penelitian dan pengembangan perusahaan (R&D). Jaringan penelitan dan pengembangannya meliputi enam pusat di Korea dan 18 lainnya di sembilan negara lain, Amerika Utara, Inggris, Rusia, India, Jepang, Israel, dan Cina. Pada 2010 Samsung menginvestasikan $8 juta untuk penelitian dan pengembangan. Pusat R&D ini membantu mengembangkan jangkauannya lebih jauh ke dalam elektronika, semikonduktor, chemical high polymer, genetic engineering, telekomunikasi optik, dan bidang teknologi baru dari nanoteknologi untuk mengembangkan arsitektur jaringan. Selain itu, Samsung memproduksi berbagai pesawat dari 1980an 1990an. Perusahaan ini didirikan pada 1999 sebagai Korea Aerospace Industries (KAI), hasil penggabungan antara tiga divisi aerospace domestik utama Samsung Aerospace, Daewoo Heavy Industries, dan Hyundai Space dan Aircraft Company.


www.deeparaman.com

Tidar Heritage Foundation Dukung Borobudur Interhash 2012 FOTO: Industrial Post/Heros Barasakti

Borobudur Interhash 2012 adalah kegiatan tahunan yang diadakan oleh kelompok pecinta alam Indonesia yang diperkirakan akan diikuti oleh 5,000 peserta yang terdiri dari wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara. Kegiatan ini terdiri dari olahraga lari, berjalan menyusuri sungai, naik gunung, dan sebagainya.

T

idar Heritage Fo u n d a t i o n bekerja sama dengan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko menggelar pertemuan terbatas antara BUMN, swasta bersama Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif RI Mari Elka Pangestu. Pertemuan tersebut diadakan untuk mendukung acara Borobudur Internasional Hash House Harriers 2012 yang akan diadakan pada 25-27 Mei di Magelang, Jawa Tengah. Borobudur Interhash 2012 adalah kegiatan tahunan yang diadakan oleh kelompok pecinta alam Indonesia yang diperkirakan akan diikuti oleh 5,000 peserta yang terdiri dari wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara. Kegiatan ini terdiri dari olahraga lari, berjalan menyusuri sungai, naik gunung, dan sebagainya. Mari menyambut baik dan mendukung keberlangsungan kegiatan ini. Menurutnya, Borobudur Interhash 2012 merupakan salah satu events yang berpotensi mendatangkan wisman dan wisnus ke Jawa Tengah sehingga acara ini akan berdampak positif bagi pengembangan pariwisata dan industri ekonomi kreatif. “Berdasarkan informasi yang saya peroleh, acara ini akan diikuti oleh sekitar 5,000-7,000 perserta yang berasal dari mancanegara dan nusantara. Jumlah yang terbilang cukup besar ini dapat diman-

faatkan untuk menarik minat wisatawan dalam menambah lama waktu tinggal di Indonesia atau pun kembali lagi ke Indonesia,” jelas Mari dalam kata sambutannya. Borobudur dan sekitarnya dikaruniai keindahan alam serta kekayaan budaya masyarakat sekitar yang luar biasa. “Kekayaan alam dan kehidupan masyarakat sekitar Borobudur dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang,” lanjutnya lagi. Selain itu, tambahnya, masyarakat sekitar Borobudur memiliki potensi untuk mengembangkan industri kreatif seperti kerajinan tangan dan sebagainya. “Industri kreatif sudah menjadi bagian hidup masyarakat Magelang dan sekitarnya,” katanya lagi. Mari mengatakan bahwa tahun lalu kunjungan wisatawan ke Indonesia mencapai 7.7 juta dengan 2 juta yang mengunjungi kawasan Borobudur. Tahun ini diharapkan mencapai 8 juta dan target pada 2014 adalah 10 juta wisatawan. Untuk mencapai target tersebut, Kemenparekraf sedang mengupayakan tiga hal, yakni: 1. Mengembangkan destinasi di luar Bali, termasuk Borobudur, Prambanan, dan sekitarnya. 2. Mengembangkan thematic tourism, yang terdiri dari MICE (Meeting, Invention, Convention, and Exhibition), Budaya dan Sejarah (seperti Borobudur, Prambanan, dsb), Spa dan Kecantikan, Belanja dan Kuliner, Olahraga dan rekreasi (diving, golf, dll), dan kapal pesiar. 3. Meningkatkan wisatawan dalam negeri. Potensi wisatawan

dalam negeri sangat besar, karena jumlah penduduk Indonesia yang sangat banyak.

ompok orang yang lahir di sekitar Gunung Tidar, gunung terkecil di Pulau Jawa.

Tidar Heritage Foundation adalah sebuah yayasan yang tidak berorientasikan laba yang didirikan pada 2006 oleh sekel-

Kekayaan legenda Gunung Tidar dan Candi Borobudur serta kekayaan budaya dan spiritual di daerah Magelang dan

sekitarnya yang menjadi pendorong bagi para pendiri untuk mendirikan Yayasan Tidar Heritage Foundation. Yayasan ini memiliki visi mulia untuk mengembalikan kejayaan Borobudur sebagai pusat

pembelajaran budaya, lintas agama dan pariwisata. Yayasan ini akan melakukan revitalisasi kehidupan ekonomi masyarakat pedesaan di sekitar Gunung Tidar, Magelang, dengan program pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan sosial dan budaya, sehingga dapat menciptakan kehidupan yang harmonis dengan alam. Salah satu caranya dengan memberikan budi pekerti menurut nilai-nilai budaya daerah setempat. Para pendiri Tidar Heritage Foundation adalah mereka yang sangat menaruh perhatian pada ancaman bencana alam seperti pemanasan global dan memiliki impian bahwa kedamaian di dunia bisa ditemukan dengan cara mencintai alam, budaya dan ajaran spiritual. Mereka terdiri dari akademisi, pengusaha dan pejabat pemerintah, di antaranya Komaruddin Hidayat, Budi Susilo Supandji, Bambang Pranowo, S.D. Darmono, Mayjen TNI (Purn) Bachrul

Tidar Heritage Foundation adalah sebuah yayasan yang tidak berorientasikan laba yang didirikan pada 2006 oleh sekelompok orang yang lahir di sekitar Gunung Tidar, gunung terkecil di Pulau Jawa.

Ulum, Brigjen Purn. Soetriman, Sarwediono, dll. Mereka secara bersama-sama bertindak dalam konservasi situs-situs warisan budaya yang tak ternilai seperti candi Borobudur, dan membantu meningkatkan kualitas pendidikan dan membuka lapangan pekerjaan bagi warga yang kurang mampu di sekitarnya.


A6 Pendidikan

EDISI APRIL 2012 www.theindustrialpost.com

Duta Besar AS Menjadi Pembicara dalam Seminar Internasional di President University President University (PresUniv) dipilih oleh pihak Kedutaan Besar AS sebagai universitas host setelah melakukan survey terhadap beberapa universitasuniversitas top di Bekasi dan Depok beberapa bulan sebelumnya.

D

uta Besar Amerika Serikat (AS) Scot Marciel beserta staf Kedutaan Besar AS mengunjungi President University, Cikarang, pada Kamis, 12 April 2012, untuk menjadi pembicara dalam Seminar Internasional dengan tema “USA-Indonesia Relations: Policy, Business, and Entrepreneurship”. President University (PresUniv) dipilih oleh pihak Kedutaan Besar AS sebagai universitas host setelah melakukan survey terhadap beberapa universitas-universitas top di Bekasi dan Depok beberapa bulan sebelumnya. Jhanghiz Syahrivar, moderator dalam seminar tersebut, mengatakan bahwa kunjungan Duta Besar AS merupakan bentuk

pengakuan dan apresiasi negara maju terhadap President University yang telah dikenal baik sebagai universitas berstandar internasional di Indonesia. Seminar yang berlangsung sejak pukul 10.00 pagi sampai pukul 04.00 sore tersebut dihadiri

pula oleh sederet pembicara top dari Kedutaan Besar AS, American Chamber of Commerce, USAID, dan Komite IndonesiaAS KADIN, seperti Ted Osius, Edward Grulich, Jim Carouso, David Gossack, Frank Whitaker, Arend Zwartjes, Marika Olson, Andrew White, dan John Riady.

www.presidensby.info/Cahyo

Penandatangan nota kesepahaman kerja sama bidang pendidikan antara Mendiknas M Nuh dengan Menteri Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Inggris David Willets, disaksikan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan PM Inggris David Cameron, di Istana Merdeka.

Kemitraan Pendidikan Inggris-Indonesia Semakin Erat Kerja sama bidang pendidikan antara Indonesia dan Inggris dipererat dengan memperbarui nota kesepahaman kerja sama bidang pendidikan antara kedua pihak yang ditandatangani pada 2005. Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan antara Menteri Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Inggris David Willets dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhammad Nuh pada pertengahan April, bersamaan dengan kunjungan kenegaraan PM Inggris, David Cameron ke Indonesia. “Kami ingin mempererat persahabatan antara Inggris dan Indonesia. Dan, saya sempat berdiskusi dengan Menteri Pendidikan Indonesia karena kami ingin kerja sama yang lebih erat dalam bidang pendidikan di antara kedua negara. Saya bisa umumkan hari ini peningkatan kemitraan antara Inggris dan Indonesia di bidang pendidikan,” kata David Willetts. Perdana Menteri Inggris melakukan kunjungan bilateral

ke Indonesia untuk membahas lima kerja sama dalam bidangbidang perdagangan, investasi, pendidikan, demokrasi, dan perubahan iklim. Dalam kunjungannya Cameron didampingi oleh Menteri Pendidikan dan Menteri Perdagangan Inggris.

Pelajar Indonesia yang ingin bersekolah ke Inggris ataupun sebaliknya akan terbuka lebar.” Susilo Bambang Yudhoyono Presiden RI

Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan kedua negara sepakat untuk meningkatkan kerja sama bidang pendidikan. Kerja sama antar

universitas akan terus ditingkatkan. “Pelajar Indonesia yang ingin bersekolah ke Inggris ataupun sebaliknya akan terbuka lebar,” jelas SBY. Peningkatan kerja sama antara kedua negara terjadi antara lain dengan program kerja sama antara universitas terkemuka Inggris dan universitas top di Indonesia. Selain itu, Inggris juga berkomitmen untuk memberikan dana dan pelatihan Bahasa Inggris kepada guru terpilih di Indonesia. Selama kunjungannya, Willetts mengumumkan penyediaan dukungan dana Rp2.8 miliar bagi pelaksanaan kemitraan di bidang pendidikan antara Indonesia dan Inggris. Kemitraan antara lain direalisasikan melalui program pelatihan Bahasa Inggris bagi puluhan ribu guru, asisten pelatih, dan pekerja sosial yang dilakukan British Council. Program itu diharapkan dapat membantu upaya pembangunan sumber daya manusia Indonesia.

Topik yang dibicarakan meliputi beasiswa dan pengurusan Visa AS, peluang bisnis di Indonesia, kebijakan luar negeri AS, hubungan diplomatik AS-Indonesia, dan kewirausahaan. Pada 2012, kunjungan pelajar Indonesia untuk belajar ke

Amerika Serikat ditarget mencapai 16,000 siswa, atau meningkat dua kali lipat dibanding 2011 yang mencapai 8,000 siswa. Oleh karena itu, pada kesempatan yang sama, Scot Marciel mendorong mahasiswa PresUniv untuk melanjutkan kuliah di Amerika Serikat. Lebih jauh, ia memberi-

tahukan kepada peserta seminar bahwa budaya AS dan Indonesia tidak jauh berbeda, bahkan terdapat banyak sekali persamaan. Namun demikian, opini, stereotype, dan pemahaman yang keliru terhadap budaya AS itu sendiri cenderung mengaburkan persamaan tersebut.

Seminar tersebut dihadiri oleh sederet pembicara top dari Kedutaan Besar AS, American Chamber of Commerce, USAID, dan Komite Indonesia-AS KADIN, seperti Ted Osius, Edward Grulich, Jim Carouso, David Gossack, Frank Whitaker, Arend Zwartjes, Marika Olson, Andrew White, dan John Riady.


A8 Golf Lee Westwood Berlaga Di Indonesian Masters 2012 Acara ini juga mendatangkan juara seperti Ian Woosman dari Wales dan Michael Campbell dari Selandia Baru yang keduanya akan bergabung dengan Westwood dan para pemain golf terkemuka lainnya dari Asian Tour.

T

EDISI APRIL 2012 www.theindustrialpost.com

www.infobanknews.com

urnamen golf CIMB Niaga Indonesian Masters Presented by PNTS 2012, yang merupakan event Asian Tour, diselenggarakan pada 19–22 April di Royale Jakarta Golf Club. Asian Tour adalah lembaga yang menaungi golf professional di Asia. Asian Tour, melalui keanggotaannya di Federasi Internasional PGA Tours, merupakan satu-satunya pan-Asian professional golf tour yang diakui di Asia. Posisi unik ini menempatkan Asian Tour di posisi puncak golf profesional di Asia, menyelenggarakan event-nya dengan status peringkat dunia.

Masters ini di hole ke-dua dengan melakukan “playoff suddendeath”. Pria berkewarganegaraan Inggris, yang pada saat ini berada di peringkat ke-tiga di dunia, kecewa atas kegagalannya meraih kemenangan yang hampir di depan mata untuk ke sekian kalinya, tapi ia siap dan bersemangat untuk bertanding di event Asian Tour kali ini yang berhadiah senilai $750,000. “Terus berusaha dan berlatih dengan sungguh-sungguh. Jangan menyerah. Saya belum mau menyerah dulu,” ujar Westwood dalam upayanya memenangkan pertandingan ini.

Turnamen ini meng undang beberapa pemain bintang golf untuk berlaga, salah satunya adalah

Sebagai bagian dari inisiatif untuk menjadi bagian dari pengembangan golf profesional di Indonesia, bulan lalu PT Bank CIMB Niaga Tbk menandatangani kerja sama sebagai sponsor utama pada Indonesian Masters presented by PNTS, turnamen golf internasional paling bergengsi di Indonesia. .com

land

leve

.c www

Tahun lalu, Westwood menunjukan permainan yang sangat mengesankan pada hari ulang tahunnya yang ke-38 dan memenangkan Indonesian Masters 2011 dengan tiga pukulan dan 19 di bawah par 269.

pegolf asal Inggris, Lee Westwood. Kemenangan Westwood di Indonesian Masters tahun lalu merupakan salah satu dari empat kemenangannya musim lalu, Ia menyelesaikan turnamen utama pertama tahun ini dengan membuat empat di bawah par 68 dan delapan di bawah par dengan total 280, hanya terpaut dua pukulan di belakang Bubba Watson dan Louis Oosthuizen. Watson memenangi kejuaraan

Kemenangan Westwood di Augusta National pada Minggu lalu merupakan ke-enam kalinya dia menduduki peringkat tiga besar di kejuaraan utama sejak 2008. Dia juga hampir menang di Masters pada 2010, dengan menduduki peringkat ke-dua. “Selama ini saya berhasil lolos terus. Ini merupakan tempat yang hebat. Ini adalah posisi yang menyenangkan untuk menjadi pegolf professional, terutama untuk memukul empat bawah pada back nine. Inilah jenis respon yang anda inginkan dari diri sendiri,” kata Westwood. Tahun lalu, Westwood menunjukan permainan yang sangat mengesankan pada hari ulang tahunnya yang ke-38 dan memenangkan Indonesian Masters 2011 dengan tiga pukulan dan

19 di bawah par 269. Minggu lalu berkesan karena kemenangannya mendorongnya kembali ke nomor satu dunia, walaupun hanya untuk sesaat. Dia melanjutkan kemenangannya di Korea, Afrika Selatan dan Thailand. Sebagai bagian dari inisiatif untuk menjadi bagian dari pengembangan golf profesional di Indonesia, bulan lalu PT Bank CIMB Niaga Tbk menandatangani kerja sama sebagai sponsor utama pada Indonesian Masters presented by PNTS, turnamen golf internasional paling bergengsi di Indonesia. “Kami menantikan kehadiran Westwood untuk kembali bermain di Indonesia,” kata Arwin Rasyid, Presiden Direktur PT Bank CIMB Niaga Tbk. “Ketekunannya akan memastikan bahwa ia adalah pesaing yang sulit dikalahkan, dia pasti akan merubah turnamen ini menjadi acara yang dinantikan oleh semua orang. Bagi para pegolf Indonesia, mereka akan memiliki kesempatan untuk menyaksikan turnamen bergengsi dan membandingkan kemampuan mereka dengan para pemain golf terbaik di dunia,” lanjut Arwin. Acara ini juga mendatangkan juara seperti Ian Woosman dari Wales dan Michael Campbell dari Selandia Baru yang keduanya akan bergabung dengan Westwood dan para pemain golf terkemuka lainnya dari Asian Tour.

Nick Faldo: Perancang Lapangan Golf Kelas Dunia Sir Nicholas Alexander Faldo atau lebih dikenal dengan Nick Faldo adalah seorang pegolf kelas dunia asal Inggris yang telah memenangkan puluhan kejuaraan dan tercatat selama 98 minggu sebagai pegolf peringkat satu dunia pada Official World Golf Rankings. Nick Faldo memutuskan untuk berkiprah dalam golf sejak menonton Jack Nicklaus pada pertandingan Masters di televisi pada 1971. Saat itu Nick Faldo berusia 13 tahun. Dua tahun kemudian, Faldo telah berhasil menang dalam turnamen golf amatir. Ia masuk ke dunia pro pada 1976, dan pada 1977 berhasil memenangkan European Tour pertamanya, dan bertanding di Ryder Cup sebagai pegolf termuda saat itu (dengan usia 20 tahun).

Dengan pengalaman lebih dari 30 tahun sebagai pegolf professional, Nick Faldo, telah memenangkan 30 kali European Tour, menang tiga kali dalam USPGA Tour, dan pada November 2009 dianugerahi gelar kebangsawanan menjadi Sir Nick Faldo oleh Ratu Elizabeth. Nick juga dikenal sebagai komentator golf di siaran TV CBS dan analis golf di Golf Channel. Sejak 1991 Nick Faldo mulai mengembangkan kecintaannya pada bisnis golf dengan membuka Faldo Design, di mana ia merancang lapangan golf di banyak negara. Faldo Design telah memenangkan penghargaan internasional untuk perusahaan perancang lapangan golf yang memiliki pengalaman luas baik dalam perancangan konsep dan rincian desain untuk berbagai jenis pengembangan lapangan golf.

Nick Faldo menyatakan, “sama seperti pengembang properti yang selalu berkata ‘lokasi, lokasi, lokasi’, mantra kami di Faldo Design adalah ‘strategi, strategi, dan diingat’. Golf adalah permainan mental dan fisik, kami ingin menciptakan lapangan yang mendorong pegolf untuk berpikir dan membuat keputusan yang menarik; kami bercitacita untuk menjadi inspirasi dengan menyediakan pengalaman yang berkesan.” Salah satu lapangan golf yang dirancang oleh Nick Faldo adalah Jababeka Golf & Country Club di Cikarang. Tempat ini menawarkan tantangan championship course serta menyediakan panorama alam yang menakjubkan serta lingkungan yang tenang. Lapangan yang memiliki 18 holes ini dilengkapi sentuhan elemen strategis seperti fitur air,

berbagai pilihan tee, dan berbagai macam posisi pin.\ Terdapat juga Clubhous Jababeka Golf & Contry Club yang dirancang oleh seorang arsitek terkemuka bernama Arkonin. Clubhouse ini dilengkapi dengan toko peralatan dan pakaian, kolam renang, dua lapangan tenis, taman bermain anakanak, layanan pijat, restoran, dan ruang VIP dan ruang fungsional bagi mereka yang ingin mengadakan transaksi bisnis penting. “Lapangan golf Jababeka didesain pada pertengahan 1990an oleh Nick Faldo bekerja sama dengan para arsitek golf dari IMG,” jelas Nick Edmund, Managing Director Faldo Design. Faldo Design telah merancang lapangan golf di berbagai Negara, di antaranya adalah Angkor Golf Resort di Kamboja, Eagle

Ridge – Faldo Course di Filipina, Elea Golf Club di Siprus, Emirates Club – Faldo Course di Dubai, Ocean Dunes di Vietnam, The Rock di Kanada, Roco Ki di Republik Dominika, Amendoeira di Portugal, Shadow Ridge di California, USA, dan masih banyak lainnya. Masih ada sekitar 14 proyek lapangan golf lagi yang saat ini sedang dikerjakan oleh Faldo Design. Selain itu, Nick Faldo juga mendirikan Faldo Golf Institute pada 1997, sebuah program golf untuk membantu para pegolf meningkatkan kemampuan mereka dan kesenangan bermain golf. Saat ini Faldo Institute telah dikembangkan menjadi Faldo Academies yang menggabungkan instruksi kelas dunia dengan perkembangan teknologi mutakhir untuk meningkatkan kemampuan bermain pegolf.

Sejak 1991 Nick Faldo mulai mengembangkan kecintaannya pada bisnis golf dengan membuka Faldo Design, di mana ia merancang lapangan golf di banyak negara.

Sir Nicholas Alexander Faldo

www .belin

g.ne

t


EDISI APRIL 2012 I VOL. 03 NO. 4 I EDISI 16 www.theindustrialpost.com

Telkom Bukukan Pendapatan Rp71.3 triliun pada 2011 Pendapatan terutama didorong kenaikan pendapatan dari layanan seluler yang mencapai Rp48.73 triliun pada 2011, naik 6.90% dibanding tahun 2010 sebesar Rp45.57 triliun.

P

T Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) selama tahun buku 2011 mencatat pendapatan Rp71.3 triliun, naik 3.8% dibanding pendapatan 2010 sebesar Rp68.3 triliun. “Pendapatan Telkom tersebut mencerminkan adanya pertumbuhan positif atas kinerja usaha di tengah-tengah persaingan yang semakin tajam,” kata Direktur Utama Telkom Rinaldi Firmansyah, dalam siaran pers di Jakarta, Jumat. Saat yang bersamaan perseroan juga mencatat laba bersih sebesar Rp10,965 triliun turun dari laba bersih tahun sebelumnya Rp11,537 triliun. Sedangkan rasio EBITDA (Earning Before Interests, Taxes, Depreciation and Amortization) pada akhir 2011 tanpa memperhitungkan bia-

www.inilah.com

juta, turun 21.60% dibanding 2010 yang mencapai 18.16 juta. “Khusus Flexi, perusahaan melakukan terminasi terhadap pelanggan tidak produktif yang dievaluasi setiap akhir tahun,” katanya. Telkom juga mencatat kenaikan pada jumlah pelanggan broadband yang mencapai 10.47 juta, tumbuh 63.40% dibanding 2010 yang mencapai 6.41 juta. Direktur Utama Telkom Rinaldi Firmansyah

ya ekstra sebesar Rp1.57 triliun, mencapai Rp37.35 triliun, tumbuh 1.40% dibanding tahun sebelumnya. Menurut Rinaldi pendapatan terutama didorong kenaikan pendapatan dari layanan seluler yang mencapai Rp48.73 triliun pada 2011, naik 6.90% dibanding tahun 2010 sebesar Rp45.57 triliun. Hingga akhir 2011 jumlah pelanggan seluler Telkomsel yang mencapai 107 juta, naik 13.8% dibanding jumlah pelanggan 2010. Selain itu kenaikan juga didorong peningkatan pendapatan data, internet dan layanan teknologi informasi yang mencapai Rp23.92 triliun, naik 20.80% dibanding 2010 sebesar Rp19.80 triliun. Ia menjelaskan kompetisi yang ketat mendorong berbagai inova-

si di dalam segmen layanan yang diberikan oleh operator telekomunikasi terbesar di negeri ini seperti lahirnya produk Internet Protocol Television (IPTV) dengan brand Groovia TV dan layanan pengiriman uang (remittance) dengan brand Delima. Jumlah seluruh pelanggan layanan Telkom selama 2011 mencapai 129.86 juta, naik 7.8% dibanding 2010 yang mencapai 120.47 juta pelanggan. Dari jumlah tersebut sebanyak 107.02 juta nomor adalah pelanggan seluler, selebihnya pelanggan pelanggan wireline (telepon kabel) yang mencapai 8.60 juta, naik 3.6% dibanding 2010 yang mencapai 8.30 juta nomor. Selanjutnya pelanggan layanan telepon tetap nirkabel (FWA) Flexi yang mencapai 14.24

Pelanggan broadband terdiri atas layanan internet Speedy yang pada 2011 mencapai mencapai 1.79 juta, naik 8.50% dibanding 2010 sebanyak 1.65 juta pelanggan. Sedangkan pelanggan internet Flash tercatat 5.53 juta, naik 45.70% dibanding 2010 yang mencapai 3.80 juta. Adapun pelanggan BlackBerry sebanyak 3.15 juta nomor, naik 226.40% dibanding 2010 sebanyak 966,000 nomor. Lebih lanjut dijelaskan Rinaldi, dalam meningkatkan kualitas layanan, Telkom Group menambah Base Transceiver Station (BTS) untuk Telkomsel dan Flexi menjadi 49,461 unit yang mencakup 42,623 unit BTS Telkomsel dan 6,838 unit BTS Flexi. Dari total BTS tersebut, terdapat BTS 3G Telkomsel sebanyak 9,509 unit dan BTS Flexi berteknologi EVDO sebanyak 1,123 unit.

Pertamina Incar 8 Blok di Luar Negeri PT Pertamina (Persero) tengah mengincar setidaknya delapan pengelolaan blok minyak dan gas bumi yang berlokasi di luar negeri. Presiden Direktur Pertamina Hulu Energi (PHE), Salis Aprilian di Jakarta, Kamis, mengatakan, blok tersebut terutama berlokasi di kawasan Timur Tengah, Thailand, Myanmar, dan Vietnam. “Akuisisi ini diharapkan menambah produksi minyak hingga 29 ribu barel per hari,” katanya. Saat ini, produksi minyak PHE, anak perusahaan Pertamina, mencapai 62 ribu barel per hari. Salis juga menambahkan, akuisisi blok migas di luar

negeri akan menambah cadangan, sehingga meningkatkan ketahanan energi nasional. Saat ini, PHE ikut memiliki sembilan blok di tujuh negara. Sebanyak tiga blok merupakan kerja sama tripartit dengan Petronas Carigali dan Petrovietnam Exploration Production Corporation yakni Blok SK-305 di Sarawak, Malaysia, Blok 10 dan Blok 11.1 di Vietnam. Selain di Malaysia dan Serawak, ketiganya juga bekerja sama mengelola Blok Randugunting di Indonesia. PHE juga memiliki sebagian partisipasi di Blok VIC, Australia, Blok 3 di Qatar, Blok 13 di Sudan, Blok 13WD di Irak, serta Blok 17-3 dan Blok 123-3 di Libya. Namun, dari seluruh blok yang dimiliki itu, baru Blok SK-305 dan Blok VIC yang berproduk-

si. Produksi minyak Blok SK305 kini mencapai 2,000 barel per hari. Selain minyak, blok itu memproduksikan gas sebanyak 22 juta kaki kubik per hari. Sementara, produksi minyak bagian Pertamina dari Blok VIC mencapai 100 barel per hari. Sebanyak tujuh blok lainnya masih dalam tahap eksplorasi yakni Blok 10 dan Blok 11.1 di Vietnam, Blok 3 di Qatar, Blok 13 di Sudan, Blok 13WD di Irak, serta Blok 17-3 dan Blok 123-3 di Libya. Dari tujuh blok eksplorasi, lima di antaranya ditinggalkan sementara karena faktor keamanan negara bersangkutan, yaitu Blok 3 di Qatar, Blok 13 di Sudan, Blok 13WD di Irak, serta Blok 17-3 dan Blok 123-3 di Libya.

Honda Genjot Produksi Mobil Mulai Kuartal II PT Honda Prospect Motor (HPM) mulai menggenjot produksi mobil pada kuartal ke-dua tahun ini. Menurut Direktur Pemasaran dan Purnajual HPM Jonfis Fandy kuartal ke-dua tahun ini pihaknya mulai meningkatkan produksi tiga model andalan yaitu Honda Jazz, Honda CR-V dan Honda Freed.

“Diharapkan dalam waktu dekat model-model Honda tersebut akan kembali tersedia pada dealer Honda di seluruh Indonesia,” katanya dalam keterangan pers yang diterima Industrial Post di Jakarta, Selasa. Ia menjelaskan pada 26 Maret 2012 pabrik Honda di Thailand kembali beroperasi secara penuh sehingga pihaknya bisa mengoptimalkan produksi untuk me-

menuhi permintaan konsumen di Indonesia. Selama bulan Maret 2012, penjualan HPM mencapai 4,686 unit atau naik 146.1% dibandingkan bulan sebelumnya. Honda Jazz menjadi penyokong penjualan terbesar dengan angka penjualan 2,354 unit, disusul Honda Freed sebesar 1,438 unit, dan Honda CR-V sebesar 802 unit.


B2 Industri

EDISI APRIL 2012 www.theindustrialpost.com

RI Basis Produksi Toyota Untuk IMV Bermesin Bensin

Gaikindo Nantikan Regulasi Mobil Murah

www.kompas.com

Seri IMV terdiri dari lima kendaraan yang terdiri atas tiga model truk pikap (Hilux), minivan (Innova), dan SUV (Fortuner) yang dipasarkan lebih ke 140 negara di dunia.

P

enjualan mobil dengan kategori Innovative International Multipurpose Vehicle (IMV) Toyota, yaitu Hilux, Fortuner, dan Innova, sejak 2004 hingga Maret 2012, menembus angka lima juta unit di seluruh dunia, dan Indonesia menjadi basis produksi Toyota untuk IMV bermesin bensin. Managing Officer Toyota Motor Corporation (TMC) Kazuhiro Kobayashi melalui keterangan pers yang diterima Industrial Post di Jakarta, Senin, mengatakan bahwa TMC menjadikan negaranegara berkembang sebagai prioritas pasar dan pengembangan produk IMV. “TMC akan meningkatkan penjualan (IMV) di pasar-pasar tersebut dari 40% menjadi 50% dari total penjualan produk tersebut di seluruh dunia pada 2015,” katanya.

“Dari $1.6 miliar nilai ekspor Sumut pada JanuarFebruari 2012, sektor industri menyumbang $1.1 miliar atau 71.95%,” kata Kepala Bidang Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik (BPS) Sumut, Hajizi, di Medan, Selasa. Adapun kontribusi terbesar ekspor dari sektor industri itu adalah dari golongan barang lemak dan minyak hewan/nabati dan produk karet, katanya. “Kalau volume dan harga jual kedua golongan barang itu menurun, pasti sangat memengaruhi perdagangan

“Kalau bisa persyaratannya jangan berat-berat. Konsumsi BBM-nya, misalnya, antara 1:20-1:22 saja. Kalau syaratnya berat, jadi sedikit yang masuk dan hanya satu hingga dua merek saja, padahal kita ingin lima prinsipal terlibat dalam program tersebut,” kata Jongkie. Ia mengatakan sudah banyak pabrikan mobil yang tertarik memproduksi mobil murah untuk Indonesia namun masih menunggu aturan terkait pemberian insentif yang sampai sekarang belum selesai. “ATPM menunggu insentif yang mampu meningkatkan investasi untuk program mobil murah. Dari tahun lalu, regulasinya masih belum keluar,” tuturnya.

GP Jamu: Prospek Industri Jamu Terus Meningkat TOYOTA KIJANG INNOVA. Berdasarkan data TMC pada tahun 2011 penjualan Toyota Kijang Innova mencapai 146 ribu unit di negara kawasan Asia dan Timur Tengah.

Seri IMV terdiri dari lima kendaraan yang terdiri atas tiga model truk pikap (Hilux), minivan (Innova), dan SUV (Fortuner) yang dipasarkan lebih ke 140 negara di dunia. Saat ini, kata dia, mobil jenis IMV Toyota tersebut diproduksi di 11 negara, termasuk empat negara yang menjadi basis produksi, yaitu Thailand, Indonesia, Argentina, dan Afrika Selatan. Thailand, lanjut dia, menjadi basis produksi IMV untuk mesin diesel dan Indonesia men-

jadi basis produksi untuk IMV bermesin bensin. Sementara transmisi mobil tersebut diproduksi di Filipina dan India. Dari keempat negara itulah mobil-mobil tersebut dipasarkan ke kawasan Asia, Eropa, Afrika, Oceania, Amerika Selatan, dan Tengah, serta Timur Tengah. Berdasarkan data TMC pada tahun 2011 penjualan Toyota Kijang Innova mencapai 146 ribu unit di negara kawasan Asia dan Timur Tengah.

Sektor Industri Mendominasi Ekspor Sumut pada 2012 Sektor industri menyumbang 71.95% nilai ekspor provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan masih tetap mendominasi perdagangan luar negeri pada awal 2012.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) berharap pemerintah segera mengeluarkan regulasi terkait produksi mobil murah dan ramah lingkungan. “Kalau kita mau sukses, pemerintah dan Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) harus kerja sama. Pemerintah harus menerbitkan aturan yang jelas tentang program mobil murah,” kata Ketua I Gaikindo Jongkie D. Sugiarto di Jakarta, Senin. Menurut dia, pemerintah sebaiknya tidak membuat persyaratan dan ketentuan terlampau ketat supaya program produksi mobil murah dan ramah lingkungan berjalan sesuai rencana.

Dari $1.6 miliar nilai ekspor Sumut pada Januar-Februari 2012, sektor industri menyumbang $1.1 miliar atau 71.95%.” luar negeri Sumut, khususnya untuk sektor industri,” katanya. Setelah sektor industri, lanjut dia. Kontribusi ke-dua terbesar dalam perdagangan luar negeri Sumut adalah sektor pertanian dengan kontribusi 27.89% atau senilai $465 juta. Sisanya, kata dia, dari sektor pertambangan dan penggalian yang relatif sangat rendah atau pada Januari-Februari 2012 hanya $2.6 juta.

Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Sumatera Utara, Hervian Taher, mengatakan bahwa Sumut memang mengandalkan hasil sektor industri dalam ekspor nonmigas meskipun sektor industri itu cenderung berasal dari hasil perkebunan, seperti sawit, karet, kopi, dan kakao. Mengacu pada besarnya kontribusi ekspor sektor industri itu pulalah, maka Kadin menginginkan Sumut memiliki kemandirian dalam energi. Ia lantas mencontohkan industri hasil sawit, seperti CPO, olein, dan berbagai produk turunan lainnya, serta hasil olahan karet yakni sarung tangan maupun industri keramik membutuhkan energi yang cukup besar.

Triwulan I Penjualan Mobil Naik 10.6% Pada triwulan I penjualan mobil di dalam negeri naik 10.6% menjadi 249,589 unit dibandingkan periode yang sama pada 2011 sebesar 225,739 unit. Salah satu Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Johnny Darmawan, di Jakarta, Minggu, memperkirakan pasar mobil di Indonesia masih akan bergerak pada angka di atas 80,000 unit/ bulan. “Memang masih ada rintangan tahun ini, seperti (harga) BBM dan ketentuan DP (down

payment). Namun Gaikindo belum merevisi target,” ujarnya. Ia menjelaskan pada Januari penjualan mobil secara nasional mencapai angka sekitar 76,000an, kemudian naik menjadi 86,000an pada Pebruari dan Maret mencapai angka sekitar 84-85,000an. “Kami memperkirakan pasar mobil di Indonesia masih akan berada pada di atas 80,000an per bulan,” kata Johnny. Oleh karena itu, lanjut dia, Gaikindo maupun dirinya belum melakukan revisi proyeksi permintaan mobil di Indonesia sampai akhir tahun ini, yaitu 950,000960,000 unit.

Prospek industri jamu Indonesia terus meningkat setiap tahunnya, sebagaimana yang dipaparkan Ketua Umum Gabungan Pengusaha Jamu Indonesia (GP Jamu), Charles Saerang, di Jakarta, Kamis. Charles memaparkan, sejak 2006 omset industri jamu mencapai lebih dari Rp5 triliun dan terus meningkat. Pada 2007 (Rp6 triliun), pada 2008 (Rp7,2 triliun), pada 2009 (Rp8,5 triliun), pada 2010 (Rp10 triliun) dan pada 2011 (Rp11,5 triliun). “Itu omset dari dalam negeri, kalau dari seluruh dunia omset penjualan jamu di

dunia pada 2011 mencapai angka $53.4 miliar,” kata Charles, yang juga Presiden Direktur PT Nyonya Meneer. “Dari fakta yang ada, saya berani mengatakan bahwa prospek industri jamu ini cemerlang hingga 2015,” kata Charles. Dia memperkirakan bahwa potensi penjualan jamu di luar negeri mampu mencapai angka Rp20 triliun, sementara di dalam negeri dapat mencapai Rp16 triliun. “Para pengusaha jamu terus berusaha untuk mengembangkan produksi kami ke luar negeri,” katanya. Negara kawasan Timur Tengah ditengarai sebagai pasar yang sangat menjanjikan untuk pemasaran produk jamu Indonesia, demikian Charles Saerang.


Industri B3

EDISI APRIL 2012 www.theindustrialpost.com

Kawasan Industri Sei Mangkei Tingkatkan Nilai Jual CPO www.okezone.com

Kawasan Industri Sei Mangkei (KISM), Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara merupakan kawasan industri berbasis kelapa sawit yang dikembangkan oleh PT Perkebunan Nusantara III (Persero). Proyek ini diniatkan menjadi pioneer bagi pengembangan industri hilir kelapa sawit dan crude palm oil (CPO) atau minyak sawit mentah.

P

emerintah telah menetapkan empat rencana induk pengemba nga n kawasan industri prioritas untuk memacu pertumbuhan sektor manufaktur, yakni Sei Mangkei, Sumatra Utara; Dumai, Riau; Bitung, Sulawesi Utara; dan Kulonprogo, Yogyakarta. Tahun ini, pemerintah berfokus pada pembangunan di Kawasan Industri Sei Mangkei (KISM), Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, yang direncanakan akan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pertama di Indonesia. KISM juga merupakan percontohan proyek Masterplan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). KISM merupakan kawasan industri berbasis kelapa sawit yang dikembangkan oleh PT Perkebunan Nusantara III (Persero). Proyek ini diniatkan menjadi pioneer bagi pengembangan industri hilir kelapa sawit dan crude palm oil (CPO) atau minyak sawit mentah.

menjadi minyak goreng menjadi Rp 13.000 per kg. Di mulai sejak Januari 2010, di KISM secara bertahap dibangun pabrik refinery dan oleochemicals seluas 104 hektar. Pabrik ini dibangun di tengah perkebunan kelapa sawit milik PTPN III. Selain itu juga akan dibangun kawasan peternakan sapi peliharaan masyarakat seluas 100 hektar di area yang sama. Saat ini pembangunan yang sudah selesai dikerjakan dan sudah dapat dioperasikan infrastrukturnya yakni jalan beton tipe K 350 yang mampu menahan kendaraan container alat berat, pabrik minyak kelapa sawit berkapasitas 75 ton per-jam tandan buah segar, pembangkit listrik tenaga biomassa sawit (PLTBS) 2X3 MW, pabrik palm karnel oil (PKO).

Pengembangan KISM membutuhkan investasi Rp50,96 triliun untuk pembangunan infrastruktur serta Rp118,5 miliar untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia dan iptek. Pemanfaatan CPO selama ini digunakan oleh industri dalam negeri sebagai bahan baku industri turunan CPO yang hanya 18 jenis produk yaitu industri pangan (antara lain minyak goreng, margarin, shortening, CBS, Vegetable Ghee) dan industri non pangan yaitu oleokimia (antara lain fatty acids, fatty alcohol, dan glycerin) dan biodiesel. Khairul Muluk, Direktur Perencanaan dan Pengembangan PTPN3 mengatakan, pembangunan KISM di Kecamatan Bosar Maligas Kabupaten Simalungun akan menciptakan nilai tambah terhadap hasil produksi yang selama ini hanya berbentuk bahan mentah. Menurut Khairul, sejak zaman Belanda perusahaan perkebunan sawit di Indonesia hanya memproduksi minyak sawit

Pemerintah pusat dan Sumut sangat mendukung segera terwujudnya kawasan itu secara lengkap karena bukan hanya meningkatkan perekonomian tetapi juga untuk masa depan perkelapasawitan nasional.

mentah yang diekspor ke luar negeri dan itu hanya menguntungkan pihak luar negeri saja. “Berdasarkan hal itu, pihak PTPN3 mengambil keputusan membuat sebuah kawasan industri di Sei Mangkei untuk memproses barang mentah menjadi barang jadi daripada hanya menghasilkan bahan mentah seperti yang terjadi hampir 53 tahun ini,� sebutnya. Khairul menyebutkan, nasib harga bahan mentah CPO selama ini tidak stabil, kadang-ka-

dang Rp 7.800 per kg namun bisa jatuh sampai Rp 4.000 per kg. Sangat berbeda dengan minyak goreng yang belum punya sejarah turun. Selain penambahan pabrik kelapa sawit (PKS) milik PTPN 3 dengan kapasitas total 75 ton per jam, juga akan dibangun beberapa industri lainnya. Mulai dari pembangkit listrik 2 x 35 mega watt, juga akan dibangun pabrik minyak inti sawit berkapsitas 400 liter per hari, pabrik biodiesel, betacaroten, fatty acid, fatty

alkohol dan oleokimia lainnya. Selain mengolah minyak mentah menjadi produksi bahan jadi, PTPN3 juga akan memproduksi barang jadi dari bahan mentah karet seperti membuat ban sepeda motor dan mobil yang memiliki nilai jual sangat menguntungkan perusahaan. Menurut Khairul, nilai tambah yang paling nyata dari pembangunan kawasan industri tersebut yaitu bahan mentah CPO dari harga sebelumnya Rp 7.800 per kg naik setelah diolah

Menurut Khairul dari pabrik PKO yang sudah beroperasi itu akan menghasilkan minyak inti dan bungkil yang bisa dijadikan sebagai pakan ternak yang ada di sekitar perusahaan dalam bentuk program pengembangan ternak sapi. Sedangkan pembangunan di Kawasan Industri Sei Mangkei pada tahun 2012 ini menurut Khairul akan dibangun beberapa buah tangki timbun untuk penyimpanan minyak CPO dan pelabuhan darat untuk kepentingan para pengusaha ekspor seperti karantina, imigrasi dan bea cukai. Selain itu, P.T. Ferrostaal Indonesia dan sebuah perusahaan

Eropa sudah sepakat membangun pabrik di Kawasan Industri Sei Mangkei dengan nilai investasi lebih dari Rp 20 Triliun. Klaster Hasil Industri kelapa Sawit Sei Mangke di Simalungun yang dibangun PT. Perkebunan Nusantara III sebagai pionir, dinilai sangat potensial karena memiliki beberapa keunggulan mulai lokasinya yang berada di areal perkebunan yang jauh dari pemukiman, tidak jauh dari Pelabuhan Kuala Tanjung dan termasuk sudah adanya sumber bahan baku yakni pabrik kelapa sawit dan sumber air yang melimpah dari Sungai Bah Bolon. Pemerintah pusat dan Sumut sangat mendukung segera terwujudnya kawasan itu secara lengkap karena bukan hanya meningkatkan perekonomian tetapi juga untuk masa depan perkelapasawitan nasional. Dukungan pemerintah, antara lain dengan berupaya mempercepat pengesahan peraturan daerah tentang rencana tata ruang wilayah provinsi (RTRWP) klaster industri khusus Sei Mangke. RTRWP Sei Mangke dinilai sangat penting untuk landasan hukum bagi investor asing yang ingin atau berminat berinvestasi di kawasan itu. Apabila RTRWP dan prasarana lainnya telah siap, maka Sei Mangke akan menjadi salah satu pendukung klaster ekonomi Sumatera yang direncanakan pemerintah bersama lima klaster lainnya di daerah lain.


B4 UKM

EDISI APRIL 2012 www.theindustrialpost.com

Bila Wirausaha Indonesia Maju, Indonesia Juga Maju FOTO: Industrial Post/Heros Barasakti

Peran wirausahawan (entrepreneur) sangat penting bagi bangsa berkembang seperti Indonesia, karena mereka adalah orang-orang yang dituntut untuk inovatif, kreatif, cerdas, pantang menyerah, visioner, terlebih lagi mereka adalah pencipta lapangan pekerjaan di Indonesia.

P

erkembangan perekonomian dunia saat ini memasuki masa globalisasi di mana batas antar negara semakin sempit dan persaingan ekonomi semakin kuat sehingga suatu negara dituntut untuk memiliki kreativitas, inovasi, dan pengetahuan agar mampu bersaing secara global. Peran wirausahawan (entrepreneur) sangat penting bagi bangsa berkembang seperti Indonesia, karena mereka adalah orang-orang yang dituntut untuk inovatif, kreatif, cerdas, pantang menyerah, visioner, terlebih lagi mereka adalah pencipta lapangan pekerjaan di Indonesia. Adapun jumlah wirausahawan di Indonesia melonjak dari 0.24% menjadi 1.56% dari jumlah penduduk. Kemenkop optimistis pada 2014 pertumbuhan wirausaha ke titik ideal minimal 2% dapat tercapai. Pola pikir masyarakat Indonesia yang menyekolahkan anak sampai perguruan tinggi untuk kemudian hari bekerja di suatu institusi atau menjadi pegawai negeri harus segera diubah karena hal ini menyebabkan angka pengangguran di Indonesia tinggi. Pencipta lapangan kerja sedikit, sedangkan jumlah orang yang mencari kerja berlimpah. Menjadi wirausahawan adalah jalan yang sangat mungkin un-

tuk mewujudkan kemandirian bangsa. Pertumbuhan 1.56% tersebut merupakan hasil hitungan Deputi Bidang Pengkajian Kemenkop & UKM berdasarkan data dan kriteria yang ditetapkan oleh BPS sebagai lembaga pemerintah yang di percaya dan kompeten. Itulah sebabnya Kemenkop optimistis pada 2014 jumlah pengusaha pencipta lapangan kerja akan mencapai lebih dari 2%. Padahal sebelumnya diperkirakan butuh 25 tahun untuk mendapatkan 2% pengusaha dari jumlah penduduk atau sekitar 4 juta pengusaha karena RI baru memiliki 400,000 wirausaha. Saat ini Indonesia masih tertinggal jauh dari negara Asia lainnya seperti China dan Jepang dengan jumlah wirausahawan 10% dari total populasi, Malaysia 5%, dan Singapura 7%. Terlebih lagi di Amerika, lebih dari 12% penduduknya menjadi wirausahawan. Untuk mendukung pertumbuhan wirausahawan di Indonesia, Pillar Business Accelerator (Institusi pendamping UMKM Indonesia), Indonesian Business Forum, dan Youth Entrepreneur Succes (Komunitas Mahasiswa Pengusaha), menyelenggarakan Indonesian Business and Entrepreneur Conferene (IBEC) pada 7 April 2012 di Assembly Hall Plaza

Untuk mendukung pertumbuhan wirausahawan di Indonesia, Pillar Business Accelerator (Institusi pendamping UMKM Indonesia), Indonesian Business Forum, dan Youth Entrepreneur Succes (Komunitas Mahasiswa Pengusaha), menyelenggarakan Indonesian Business and Entrepreneur Conferene (IBEC) pada 7 April 2012 di Assembly Hall Plaza Bapindo, Jakarta, dengan tema “Entrepreneur 5000 Untuk Indonesia yang lebih baik”.

Bapindo, Jakarta, dengan tema “Entrepreneur 5000 Untuk Indonesia yang lebih baik”. Entrepreneur 5000 (E5000) adalah kondisi di mana masyarakat entrepreneur kelas menengah berpendapatan $5,000 per tahun yang tidak hanya kuat masalah financial namun juga memiliki lima sadar (Sadar financial, Sadar Komunitas, Sadar Spiritual, Sadar Brand, dan Sadar Online). “Meskipun bangsa ini sedang banyak menghadapi permasalahan yang kompleks, tak dipungkiri bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia semakin positif dengan pertumbuhan ekonomi 6.7% sementara inflasi han-

ya 3.7% dan masuk sebagai Investment Grade pada akhir 2011, serta adanya kelas menengah yang kuat, booming wirausaha, dan munculnya produk lokal yang merajai pasar,” ujar Founder Pillar Business Accelerator, Lyra Puspa. IBEC (Indonesia Business and Entrepreneurship Conference) diikuti oleh sedikitnya 900 orang atau pelaku UMKM, dan bertujuan memberikan edukasi bisnis dan investasi di Indonesia, mendorong lahirnya entrepreneur kelas menengah yang kuat, menjadi ajang networking antar komunitas wirausaha untuk menjalin kemitraan antara en-

trepreneur dengan berbagai lembaga pendukung dunia bisnis dan investasi. Acara ini merupakan konferensi bagi para entrepreneur dan investor Indonesia, serta pemberian Annual Entrepreneur Outlook yang tematis. Di samping menjadi ajang membuka jaringan antar pengusaha, ia juga menjalin kemitraan antara pengusaha dan pihak pendukung seperti pemerintah dan perbankan. Saat ini, para wirausaha perlu memahami strategi entrepreneur 5000 (E500), di mana mereka harus mampu menghadapi permintaan kelas menengah yang berpendapatan $5,000 per tahun.

Jumlah wirausahawan di Indonesia melonjak dari 0.24% menjadi 1.56% dari jumlah penduduk. Kemenkop optimistis pada 2014 pertumbuhan wirausaha ke titik ideal minimal 2% dapat tercapai.

Sementara itu Sonny B. Sofyan, salah satu direktur Pillar Business Accelerator, mengatakan saat ini sejumlah wirausaha muda perlu mendapatkan pendampingan lembaga yang kompeten dalam menjalankan usahanya. Hal ini bertujuan agar terjadi transfer pengetahuan sekaligus menguatkan jaringan (networking). Dengan begitu, para pengusaha muda dapat menjajak kaki lebih kuat dalam menjalankan usahanya.

Tokoh-tokoh nasional berpengalaman di bidangnya berbagi pengetahuan serta pengalaman mereka dengan menjadi pembicara dalam event tersebut, di antaranya Erbe Sentanu (Penulis Buku Mega Bestseller Quantum Ikhlas, Founder Katahati Institute), Kafi Kurnia (Pakar Branding), Fahira Idris (Pengusaha, Ketua Saudagar Muda Minang). Selanjutnya ada Safir Senduk (Perencana Keuangan), Danny Oei (Ex CMO KasKus dan Founder Mindtalk Inc), Rangga Umara (Owner Pecel Lele LELA), Aryo Diponegoro (Property Developer & Penulis buku Property Mega Profit), Saptuari (Owner Kedai Digital, Finalis WMM 2007), Reza (Pemilik Maicih), Ali Akbar (pakar SEO). Lalu ada Asep Kambal (Heritagepreneur, Komunitas Historia Indonesia), Sonny B Sofjan (Pakar Income Pentagon, Mentor Bisnis, Founder PILLAR | Business Accelerator), Erry Priyambodo (Praktisi, MentorBisnis), hingga Sahmullah Rivqi (Pakar Eva Power, Founder PILLAR | Business Accelerator).

Bank Pelaksana KUR Ditambah Untuk Capai Target Rp3Ot www.inilah.com

Pemerintah menargetkan penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk 2012 sebesar Rp 30 triliun. Penargetan dilakukan setelah melihat tingginya penyerapan KUR pada 2011 yang naik sebanyak 50%. “Pemerintah pada 2011 menganggarkan dana untuk kredit usaha rakyat sebesar Rp 25 triliun, tetapi realisasinya mencapai Rp 29 triliun, maka untuk 2012 naik menjadi Rp 30 triliun,” kata Menteri Negara Koperasi dan UKM Syarief Hasan. Syarief Hasan mengatakan, target Rp 30 triliun itu mudah dicapai kalau instansi terkait bisa bekerja sama dengan baik. Ia menuturkan, keberhasilan penyerapan KUR tentu saja didukung sosialisasi yang serius oleh perbankan. Khususnya perbankan di daerah, di mana KUR sangat dibutuhkan masyarakat.

Menteri Negara Koperasi dan UKM Syarief Hasan.

Di kesempatan yang berbeda, Wakil Presiden Boediono meminta perbankan proaktif untuk meningkatkan penyerapan kredit usaha rakyat (KUR) yang menjadi salah satu program utama pemerintah.

Menurut Boediono, pengembangan UKM tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan perekonomian nasional yang berbasis usaha kerakyatan. Untuk mencapai tujuan tersebut, program KUR sangat tepat seh-

ingga harus disukseskan, terutama dari kalangan perbankan yang menyalurkan dananya. Lebih jauh Wapres mengakui bahwa upaya dalam meningkatkan penyerapan KUR tersebut bukan pekerjaan mudah karena selain membutuhkan SDM yang banyak, prosesnya juga akan menghadapi berbagai masalah. Namun, program untuk meningkatkan perekonomian rakyat melalui KUR tersebut merupakan misi bersama. Kalangan perbankan diharapkan tidak menyisihkan tugas dan fungsi tersebut. “Kita tidak ingin ekonomi hanya mengandalkan korporasi besar, lebih baik yang berbasis pada akar rumput,” tambahnya Guna menggenjot penyaluran KUR, maka pemerintah menambah jumlah bank pelaksana KUR pada 2012. Jumlah bank ditam-

Lembaga Pengelola Dana Bergulir Topang Koperasi dan UMKM Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDBKUMKM) telah menyalurkan dana pinjaman Rp 1.72 triliun sejak 2008 hingga Maret 2012. Sekitar 240,194 UKM telah menerima bantuan pinjaman tersebut, diantaranya 901 koperasi primer, 40 koperasi sekunder, 47 perusahaan modal ventura (PMV), 19 bank, dan 11 UKM strategis. Direktur Utama LPDB-KUMKM Kemas Danial mengatakan, pada tahun ini nilai pembiayaan ditargetkan sebesar Rp 1,3 triliun. “Patut diketahui, total penyaluran hingga akhir Maret 2012 sudah mencapai Rp 97.3 miliar, diserap oleh 52 mitra LPDB, yang terdiri atas koperasi dan UKM,” kata Kemas. Kemas menjelaskan bahwa lembaga pembiayaan yang dibinanya merupakan unit kerja Kementerian Koperasi dan UKM, yang bertanggung jawab men-

gelola dana bergulir untuk KUM KM di Indonesia. Penyaluran dana bergulir ini merupakan upaya mendukung program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan, menekan pengangguran, menciptakan lapangan kerja, penumbuhan wirausaha baru, meningkatkan produktivitas dan daya saing ekonomi rakyat, serta pengembangan ekonomi nasional. Tingginya minat dan antusias masyarakat terhadap dana pinjaman/pembiayaan LPDB-KUMKM, lanjut Kemas, terbukti dari meningkatnya jumlah proposal yang masuk dan mereka yang mengantri untuk mendapatkan pinjaman. Apalagi, sejak LPDBKUMKM berhasil mendapatkan penghargaan ISO 90012008 di bidang penerapan sistem manajemen mutu pada 2011, jumlah permohonan yang mengantri dana bergulir hingga 2012 meningkat empat kali lipat dibanding tahun lalu, yakni sebesar Rp 21 triliun dari total 7,500 proposal.

Dengan penyaluran 90% kepada koperasi dan 10% untuk mitra LPDB-KUMKM, seperti lembaga keuangan bank (LKB) dan lembaga keuangan bukan bank (LKBB) seperti PMV dan perusahaan perkreditan, LPDB-KUMKM tetap berkomitmen meningkatkan jumlah dana pinjaman/pembiayaan dari tahun ke tahun. Ini agar kebutuhan permodalan pelaku usaha koperasi dan UKM di Indonesia dapat terpenuhi. Untuk itu, tahun ini LPDBKUMKM telah menandatangani MoU dengan BNI, BTN, Bank Mandiri, dan Bank Bukopin untuk menambah modal usaha calon mitranya. Bank sudah tidak percaya lagi dengan koperasi seperti KUD. LPDB-KUMKM dapat memulihkan kepercayaan bank kepada koperasi-koperasi itu, kata Kemas Danial. Sekarang ini, selain dipercaya untuk menyalurkan dana bergulir, LPDB juga dijadi-

kan contoh bagi para deputi di Kementerian Koperasi dan UKM serta Kementerian lain yang memiliki Badan Layanan Umum (BLU). Ke depan, LPDB Juga menangani pengelolaan dana CSR dan PKBL milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Dalam menyalurkan dana bergulir, LPDB-KUMKM mempertimbangkan beberapa hal, di antaranya koperasi harus berbadan hukum dan tidak terdapat pengurus ganda dengan melibatkan anak, istri, dan anggota keluarga lainnya Koperasi yang mengajukan permohonan kepada LPDBKUMKM juga harus memiliki modal usaha dan telah mampu memberikan sisa hasil usaha (SHU) kepada anggotanya secara berkala. “Kalau semua persyaratan dipenuhi, dalam tempo 15 hari kerja, dana bergulir sudah bisa dicairkan,” ujar Kemas.

bah 14 bank, sehingga totalnya menjadi 33 bank. “Bank pelaksana KUR pada 2012 akan bertambah 14 bank dari sebelumnya hanya 19 bank,” kata Deputi Bidang Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, Choirul Djamhari. Saat ini bank penyalur KUR berjumlah 19 bank terdiri dari 6 perbankan nasional (BRI, Mandiri, BNI, BTN, Bukopin, dan Bank Syariah Mandiri), serta 13 Bank Pembangunan Daerah (BPD). Ke-13 BPD tersebut yakni Bank DKI, Bank Nagari, Bank JabarBanten, Bank Jateng, BPD DIY, Bank Jatim, Bank NTB, Bank Kalbar, BPD Kalsel, Bank Ka-

lteng, Bank Sulut, Bank Maluku, dan Bank Papua. Sementara ke-14 bank penyalur KUR baru itu terdiri dari 13 BPD dan BNI Syariah. Sebanyak 13 BPD tersebut adalah Bank Kaltim, Bank Sulsel, Bank NTT, Bank Lampung, Bank Bengkulu, Bank Sumselbabel, Bank RiauKepri, Bank Aceh, Bank Sumut, Bank Jambi, Bank Sultra, Bank Sulteng, dan Bank Bali. “Kami targetkan awal tahun ini jumlahnya akan bertambah, khususnya dari 13 BPD lainnya yang belum menjadi penyalur KUR sebelumnya,” jelasnya. Menteri Syarief Hasan mengatakan melalui gerakan KUR ini diharapkan pula terjadi kenai-

kan dalam jumlah wirausaha, sekaligus juga bisa menciptakan lapangan kerja baru. “Dalam meningkatkan usaha mikro ini pemerintah sekarang juga telah menyiapkan program kredit untuk usaha mikro dengan nilai Rp 20 juta ke bawah dan tidak perlu ada jaminan,” katanya. Pemerintah telah melakukan kerja sama dengan berbagai bank pemerintah untuk program tersebut, untuk itu diharapkan usaha mikro itu apa bila mengalami kesulitan permodalan bisa ambil di bank, tetapi dana itu juga harus benar-benar digunakan sebagai modal usaha, kata Syarief Hasan.


Wisata B5

EDISI APRIL 2012 www.theindustrialpost.com

MEMBONGKAR RAHASIA BACKPACKER

G

ol A Gong, penulis buku ini, membongkar rahasia para traveler yang bisa bertualang menjelajahi dunia dengan mendapatkan uang. Ini rahasianya: lakukan perjalanan atau petualangan dengan menuliskan pengalaman- perjalanan itu, kemudian kirimkan tulisan itu ke media. Gol A Gong juga membagi pengalaman mengenai bagaimana memasarkan tulisan, serta memberi wawasan kepada kita tentang tulisan apa saja yang bisa dibuat dari sebuah perjalanan. Mulai dari feature, laporan perjalanan, sampai novel. Dia lugas karena memang dia melakukannya langsung, demikian Antara melaporkan. Dia tidak hanya berteori, dia sudah membuktikannya. Waktu SMA (1981),

TE-WE (travel writer) bukan buku traveling biasa. Buku traveling biasanya banyak bercerita mengenai bagaimana pengalaman, suasana, hotel dan makanan di daerah atau negara tertentu yang dikunjungi. TE-WE (travel writer) tidak hanya bicara itu.

dia menjelajahi Jawa–Bali. Saat kuliah, dia keliling Indonesia (1986–1988). Pada 1990– 1992, dia susuri Asia, dari Singapura, Malaysia, Thailand, Myanmar, Banglades, India, Nepal, hingga Pakistan. Semua petualangan itu kemudian menghasilkan tulisan perjalanan, dimuat oleh majalah Anita Cemerlang, HAI, dan tabloid Warta Pramuka. Tulisan-tulisan itu lalu dibukukan, Perjalanan Asia (Puspa Swara, 1992) dan The Journey (Maximalis, Grafindo, 2008). Dari pengalaman perjalanan itu, Gol A Gong juga membuat novel, Balada Si Roy (Gramedia Pustaka Utama, 1989-1994), dan Bangkok Love Story (Gramedia Pustaka Utama, 1994). Kita dipaksa yakin oleh buku TEWE ini, karena penulisnya akan membuktikannya lagi Maret tahun ini. Dia

akan berangkat bersama istrinya ke Mekkah yang disebutnya dengan “honeymoon ala backpacker.” Tentu saja perjalanan ini tidak langsung ke Mekkah. Bukan petualangan jadinya kalau langsung Mekkah. Dia akan mengawali perjalanan dari Singapura, naik kereta ke Kuala Lumpur, terus ke Hat Yai dan seterusnya sampai ke Mekkah. Yang membedakan buku ini dari buku traveling lain, lagi-lagi, adalah gambaran produk perjalanan itu (tulisan), bagaimana proses produksinya, sekaligus memasarkannya. Buku ini cocok dibaca oleh petualang yang belum menulis perjalanan petualangannya. Atau bagi yang sudah menulis, tetapi masih berserakan di buku diary. Juga pas bagi penulis yang masih betah di rumah. Gol A Gong sengaja ingin “memanas-manasi” pembaca buku ini, terutama pemula. Di setiap akhir bab, dia meneriakan kalimat provokatif, misal, “…perkenalkan: I am a traveler writer and travel writer!”, “Itu artinya uang, kawan! Bukankah itu keren?”


B6 Gaya Hidup

EDISI APRIL 2012 www.theindustrialpost.com

Tai Chi: Olahraga Tepat Untuk Si Lanjut Usia www.wikipedia.org

Berdasarkan penelitian, orang lanjut usia yang secara teratur melakukan teknik tradisional gerakan khas Cina ini ditemui jarang terkena tekanan darah tinggi, serta lebih kuat secara fisik.

T

ai Chi disebut sebagai olahraga yang dianggap cocok untuk orang yang sudah lanjut usia. Mempraktekkan seni bela diri kuno ini sangat bermanfaat bagi kesehatan para lansia. Berdasarkan penelitian, orang lanjut usia yang secara teratur melakukan teknik tradisional gerakan khas Cina ini ditemui jarang terkena tekanan darah tinggi, serta lebih kuat secara fisik. Mereka menyimpulkan, peningkatan fungsi jantung dikombinasikan dengan pertambahan kekuatan otot, menjadi alasan mengapa seni bela diri ini dinilai tepat untuk orang lansia. Tai Chi telah berkembang dengan baik di seluruh dunia. Gerakan-gerakannya lambat dan repetitif, serta didasarkan pada koordinasi dan relaksasi daripada ketegangan otot. Sebuah studi di Hong Kong, juga menilai aktivitas ini pada pengukuran denyut nadi. Tai Chi terbukti dapat meningkatkan kontraksi pembuluh darah dan kekuatan otot lutut.

Seperti dikutip dari Telegraph, penelitian itu dipublikasikan di European Journal of Preventive Cardiology, dan melibatkan 65 lansia dari Hong Kong. 29 orang direkrut dari klab Tai Chi di mana mereka semua telah berlatih teknik bela diri selama 90 menit dalam seminggu. Mereka telah melalukan kegiatan tersebut selama tiga tahun. Sementara itu, yang lain belum terlalu memiliki pengalaman. Hasil awal menunjukkan bahwa lansia yang mempelajari Tai Chi unggul di hampir semua pengamatan medis, termasuk tekanan darah, resistensi vaskuler dan tekanan nadi. Analisis tambahan memperlihatkan bahwa mereka memiliki kekuatan otot yang lebih besar. Dr William Tsang dari Hong Kong Polytechnic University, yang memimpin penelitian itu, mengatakan bahwa daya tarik tambahan dari Tai Chi adalah bahwa olahraga ini bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa kendala peralatan.

Hasil awal menunjukkan bahwa lansia yang mempelajari Tai Chi unggul di hampir semua pengamatan medis, termasuk tekanan darah, resistensi vaskuler dan tekanan nadi. Analisis tambahan memperlihatkan bahwa mereka memiliki kekuatan otot yang lebih besar.

Jangan Remehkan Stress pada Anak Stress yang selama ini Anda pikir hanya dapat terjadi pada orang dewasa, kini dapat dialami oleh anak-anak bahkan balita. Hal tersebut disampaikan psikolog Ratih Ibrahim dalam sebuah diskusi tentang perubahan sosial dan dampaknya pada anak Indonesia, di Jakarta, Selasa. “Berdasarkan catatan Personal Growth, ditemukan bahwa empat dari lima anak yang datang berkonsultasi, menampilkan indikasi stress berat,” kata Ratih.

gnya komunikasi anak dengan orang tua. Hal itu diitambah dengan padatnya aktifitas anak modern sekarang ini yang membuat mereka kehilangan waktu bermain, serta masalah pergaulan mereka dengan teman-temannya.

Menurut Ratih, stress yang terjadi pada anak-anak adalah bagian dari pelanggaran hak anak, yang berasal dari hilan-

ww.w.medicalera.com

Perjalanan Panjang ke Antariksa Akibatkan Gangguan Otak Waktu lama di antariksa mungkin mengakibatkan gangguan mata dan otak seperti gejala yang dapat muncul akibat tekanan darah tinggi di kepala dengan sebab yang tak diketahui. Itu adalah kondisi serius saat tekanan meningkat di dalam tengkorak kepala, kata satu studi yang disiarkan di jurnal Radiologi, edisi “daring” (dalam jaringan), Selasa. Satu tim peneliti melakukan pencitraan resonansi magnetik (MTI) dan menganalisis data dari 27 astronot, masing-masing dari mereka terpajan pada mikrogavitasi, atau gravitasi nol, selama 180 hari sewaktu menjalani misi ulang-alik antariksa dan, atau, di Stasiun Antariksa Internasional (ISS). Delapan dari ke-27 astronot tersebut menjalani pemeriksaan MRI ke-dua setelah misi antariksa kedua mereka --yang berlangsung rata-rata 39 hari. “Temuan MRI itu mengungkapkan beragam kombinasi gangguan setelah akumulasi pajanan jangka panjang dan pendek terhadap mikrogravitasi yang juga terlihat pada `idiopathic intracranial hypertension`,” kata profesor di The University

Dalam kesempatan yang sama Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (KNPA), Arist Merdeka Sirait membeberkan data bahwa sepanjang 2011, KNPA mencatat kasus pelanggaran hak anak meningkat 98 persen dibandingkan tahun sebelumnya, atau ada 2,386 kasus.

of Texas Medical School di Houston, Larry Kramer di dalam satu pernyataan. Semua temuan meliputi pengembangan cairan tulang belakang otak di sekitar syaraf optik pada sembilan dari ke-27 – 33% -- astronot, membuat datar bagian belakang bola mata pada enam (22%), memperbesar syaraf mata pada empat (15%) dan perubahan pada kelenjar di bawah otak dan hubungannya dengan otak pada tiga (11%) astronot tersebut. Kelenjar di bawah otak mengeluarkan dan menyimpan hormon yang mengatur beragam fungsi penting tubuh, demikian laporan Xinhua. Jenis gangguan serupa ditemukan pada beberapa kasus tekanan darah tinggi di kepala, tempat tak ada penyebab yang dapat ditemukan dalam peningkatan tekanan darah di sekitar otak. Tekanan tersebut mengakibatkan pembengkakan persimpangan antara syaraf mata dan bola mata sehingga bisa mengakibatkan gangguan pandangan. Terhentinya pertumbuhan otot dan hilangnya mineral tulang adalah sebagian dampak yang diketahui mengenai gravitasi nol pada astronot.

“Jangan remehkan ini, sudah tercatat sebanyak lima anak dibawah 10 tahun berusaha melakukan pencobaan bunuh diri akibat stress,” kata Arist yang menambahkan bahwa dua diantaranya meninggal dunia. Menurut Ratih, tandatanda stress pada anak dapat terlihat secara fisik, emosi, psikologis dan sosial. “Mereka menjadi rewel, mudah tersinggung, pemarah, kehilangan minat, percaya diri luntur, gelisah, uringuringan, bahkan ada yang menarik diri dari pergaulan,” kata Ratih.

Tipe-tipe Pria yang Dihindari Wanita Wanita paling benci lelaki yang bersifat dominan. Mereka lebih senang memamerkan kekasih mereka yang memiliki kemampuan dan ketrampilan serta baik di depan teman-teman mereka. Ada bebebera tipe pria yang bikin wanita tidak bersimpati terhadap kaum Adam. Bagi Anda, para pria tentunya harus tahu, apakah Anda termasuk tipe pria yang dibenci wanita atau justru yang disukai. Times of India, membeberkan beberapa tipe pria yang menyebalkan di mata wanita. Seperti berikut ini:

Pria yang suka berkata kasar Para wanita tidak suka pria yang senang berkata kasar dan kejam. Mereka akan langsung menghindar. Warga venus ini juga memandang negatif kepada Anda bahkan ogah bergaul pria yang gemar melontarkan kata-kata kasar.

Pria Bertubuh kekar Di dalam beberapa cerita, mungkin banyak wanita yang memimpikan pria macho bertubuh kekar. Tetapi, ketika itu terjadi di kehidupan nyata, hal itu tidak ber-

laku. Pria macho dan bertubuh kekar tidak selalu mudah mendapatkan wanita idamannya. Para wanita tak tertarik untuk membina hubungan dengan pria dengn tipe tersebut. Menurut pakar kepribadian, Varun Chhabra, wanita zaman sekarang lebih tertarik dengan pria berpenampilan metrosekual daripada pria bertubuh kekar.

Pria dominan Wanita paling benci lelaki yang bersifat dominan. Mereka lebih senang memamerkan kekasih mereka yang memiliki kemampuan dan ketrampilan serta baik di depan teman-teman mereka. Bukan kekasih yang menggunakan taktik memaksa dan sok berkuasa. Ahli konselor hubungan, Chirta Bakshi menyatakan perilaku dominan sangat ditentang para wanita ketika mereka ingin terikat komitmen serius dengan pasangan mereka.

33 Usia Paling Bahagia? Ada pertanyaan sederhana yang menggelitik “pada usia berapa orang merasa paling bahagia?” Menurut satu studi belum lama ini, jawabannya adalah 33. Tapi benarkah itu? Friends Reunited, satu jejaring di Inggris, mendapati 70 responden yang berusia di atas 40 tahun mengatakan mereka tak menemukan kebahagiaan sejati sampai mereka berusia 33 tahun. “Usia itu adalah waktu yang cukup untuk keluar dari kenaifan masa kanak-kanak dan sifat liar usia remaja tanpa kehilangan energi serta semangat masa muda,” kata Donna Dawson, se-

orang ahli psikologi, kepada wartawan Fox`s Washington, Selasa. “Kepolosan sudah hilang, tapi rasa kenyataan bercampur dengan harapan kuat, semangat `dapat melakukan`, dan kepercayaan sehat pada kemampuan dan bakat kita sendiri.” Jejaring tersebut memberi contoh, “Pesohor yang berusia 33 tahun seperti Jennifer Love Hewitt, vokalis Maroon 5 Adam Levine dan Katie Holmes kelihatannya

menikmati keberhasilan besar saat ini.” Dan orang yang bukan selebriti pun sependapat. “Tentu saja itu juga berkaitan dengan masalah seks,” kata Christine Possemato (35) dari Springfield, New Jersey, kepada New York Daily News. “Orang bisa melangkah tegap. Orang memiliki sangat banyak keyakinan dan dapat menarik hati orang yang lebih muda,” katanya.

Rahasia Awet Muda Sepanjang Masa www.resurrectingthechamp.com

Tua dan keriput menjadi hal paling menakutkan bagi wanita hampir di seluruh dunia. Meskipun penuaan tidak bisa dihindari, namun ada cara untuk memperlambat proses penuaan dengan tips sederhana.

paprika, stroberi, blueberry dan anggur . Dalam piring makanan Anda harus memiliki 75% makanan nabati dan sisanya harus diisi dengan sumber lemak yang lebih rendah, protein seperti telur, ikan atau daging. Diet ini membantu Anda melawan masalah penuaan seperti osteoporosis, diabetes dan penyakit jantung.

Apa saja yang bisa Anda lakukan agar awet muda sepanjang masa, berikut tips-nya seperti dikutip Times of India:

Jaga kesehatan kulit Dengan bertambahnya usia, keindahan kulit juga semakin lama memudar. Untuk mencegahnya, Anda harus selalu melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Melakukan scrubbing pada wajah, rutin menggunakan pelembab dan menggunakan tabir surya juga bisa menjadi cara sederhana memperlambat penuaan. Dan jika keriput yang mengganggu terlalu banyak, botox bukanlah pilihan yang tepat. Mengoleskan minyak zaitun secara rutin juga bisa memberikan keajaiban dalam mengusir keriput.

Periksa berat badan dan rutin olahraga Untuk

mempertahank-

Olahraga salah satu rahasia awet muda sepanjang masa. an berat badan ideal, para ahli mengatakan setiap orang harus menjalankan aktivitas olahraga setidaknya 30 menit setiap hari. Bentuknya bisa apa saja, yoga, aerobik, berenang, pilates, dan lain- lain. Agar manfaat berolahraga lebih terasa lakukan kegiatan fisik yang memang benar-benar menjadi favorit Anda. Jangan lupa latihan wajah untuk mengencangkan otot-otot wajah Anda.

Merencanakan diet nabati Pola makan dalam diet Anda harus memiliki campuran yang baik, teridiri dari sayuran hijau, buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan. “Anda harus mencoba untuk memilih makanan yang mewakili warna pelangi, seperti bayam, jagung, tomat,

Cegah stres dengan kalsium Mendapatkan cukup kalsium serta vitamin D membantu mencegah osteoporosis yang merupakan penyebab utama patah tulang pada wanita. Terutama jika Anda telah melewati usia 50, dosis harian 1,200 mg kalsium diperlukan. Sumber kalsium meliputi produk susu rendah lemak, susu kedelai yang diperkaya kalsium, jus jeruk, dan ikan dengan tulang yang dapat dimakan (seperti salmon kaleng dan sardin).

Tidur cukup Jumlah rata-rata tidur yang dibutuhkan adalah 7-8 jam. Alih-alih memerangi tidur di siang hari, tidur siang pendek 10-15 menit juga akan membuat Anda merasa beristirahat.


Kesehatan B7

EDISI APRIL 2012 www.theindustrialpost.com

Sayuran yang Menyelamatkan

2 dari 5

Penderita Kanker Payudara

Perempuan Indonesia Menderita Osteoporosis

Risiko meninggal akibat kanker payudara turun sebesar 22% sampai 62% bagi perempuan yang mengonsumsi sayuran silangan, dan kemungkinan penyakit mereka kambuh anjlok sebesar 21 sampai 35%.

P

erempuan China yang mengonsumsi kubis, brokoli dan sayuran hijau memiliki peningkatan peluang selamat dari kanker payudara dibandingkan dengan perempuan yang tak memakan sayuran tersebut, demikian hasil satu studi yang disampaikan Selasa. Temuan itu berasal dari data 4,886 penyintas kanker payudara di China dalam usia 20-75 tahun yang didiagnosis berada pada stadium satu sampai stadium empat kanker payudara dari 2002 sampai 2006 dan menjadi bagian dari studi Peluang Hidup dari Kanker Payudara Shanghai. Perempuan yang mengonsumsi lebih banyak sayuran hijau selama lebih dari 36 bulan setelah diagnosis mereka memperlihatkan risiko mereka menemui ajal akibat sebab apa pun, turun sebesar 27% sampai 62%, dibandingkan dengan perempuan yang melaporkan mereka memakan sayuran itu lebih sedikit, atau tidak sama sekali. Risiko meninggal akibat kanker payudara turun sebesar 22% sampai 62% bagi perempuan yang mengonsumsi sayuran silangan, dan kemungkinan penyakit mereka kambuh anjlok sebesar 21 sampai 35%.

www.tinkersgardens.com

Sayuran silangan yang dikonsumsi secara umum di China meliputi lobak, kubis China/bok choy dan sayuran hijau, sementara brokoli dan kol Brusel (Brussels sprouts) adalah sayuran yang lebih umum dikonsumsi di Amerika Serikat serta negara lain Barat.”

Ketua Persatuan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) Pusat, Ida Wisnubaroto, menyatakan bahwa dua dari lima perempuan Indonesia terserang osteporosis. Ida yang juga merupakan seorang dokter ini, menyatakan bahwa osteoporosis bukanlah penyakit yang harus diwaspadai oleh perempuan paruh baya atau sesudah menopause saja, tetapi juga oleh para perempuan muda. “Osteoporosis itu dipicu karena gaya hidup yang tidak sehat sejak muda. Ini adalah ‘silent disease’ yang perlu diwaspadai, terutama oleh kaum perempuan,” ujar Ida.

Seorang peneliti pasca-doktoral di Vanderbilt University Nashville, Tennessee, Sarah Nechuta mengatakan temuan tersebut menunjukkan penyintas kanker payudara “mungkin bisa mempertimbangkan untuk menambah konsumsi sayuran silangan, seperti sayuran hijau, kubis, kembang kol dan brokoli, sebagai bagian dari menu sehat”.

nyatakan makanan di kalangan perempuan China dan Barat cenderung beragam, demikian laporan AFP Rabu pagi.

Nechuta, yang menyajikan studi itu dalam pertemuan American Association for Cancer Research di Chicago. AS, me-

“Sayuran silangan yang dikonsumsi secara umum di China meliputi lobak, kubis China/bok choy dan sayuran hijau, semen-

Jam Biologis Berhubungan Dengan Metabolisma Para ilmuwan dari Salk Institute, University of California San Diego, University of Sydney dan Ecole Polytechnique Fédérale mengkaji ulang jam biologis manusia. Penelitian pimpinan Ronald M. Evans itu berupaya mencari jenis obat mujarab untuk masalah gangguan tidur dan metabolisma. Gangguan tidur dan metabolisme, terutama pada orang yang bekerja shift seperti unit gawat darurat dan petugas keamanan, berisiko memicu sejumlah penyakit seperti diabetes dan

obesitas. Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nature akhir Maret lalu itu menunjukkan hubungan antara irama sirkadian (siklus jam tubuh) dan metabolisma. Para ilmuwan mendapati dua saklar dalam nukleus sel tikus, yaitu REV-ERBa dan REV-ERBß, yang penting untuk mempertahankan siklus tidur dan makan normal serta metabolisma nutrisi dari makanan. “Penelitian ini mengubah pengetahuan kita tentang cara kerja irama sirkadian dan me-

kanisme irama ini mengatur siklus bangun dan tidur,” kata Evan seperti ditulis www.salk.edu. Tim peneliti Evan juga menemukan bahwa REV-ERBs mengontrol aktivitas ratusan gen yang terlibat dalam metabolisma, termasuk gen yang bertanggungjawab dalam mengendalikan kadar lemak dan empedu. Tikus-tikus, seperti dalam percobaan penelitian, mempunyai darah dengan kadar lemak dan gula tinggi manakala ‘saklar’ REV-ERBa dan REV-ERBß dalam tubuh mereka dimatikan.

www.robertspizzeria.com

Melihat Gambar Pizza Membuat Makan Lebih Lahap Hanya dengan melihat gambar-gambar makanan, selera makan seseorang bisa berubah, demikian hasil sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah PLoS ONE, Kamis. Para peneliti, yang dipimpin oleh Johannes le Coutre dari Pusat Riset Nestlé di Switzerland, mendapatkan bahwa para peserta penelitian mengaku lebih nikmat menyantap makanan

sambil melihat foto-foto makanan tinggi kalori macam pizza atau kue kering. Responden mengaku kurang berselera menyantap makanannya bila melihat gambar-gambar yang menunjukkan makanan rendah kalori seperti buah melon atau kacang-kacangan hijau. Penelitian ini, seperti dikutip dari EurekAlert, berbasis riset neuroimaging yang melacak me-

kanisme otak dalam hal sensor visual yang berkaitan dengan kenikmatan menyantap hidangan. Kesimpulan penelitian ini menggarisbawahi pentingnya tampilan makanan secara visual sebagai salah satu imbalan memakan makanan bernutrisi. Dengan kata lain, bila Anda ingin menyantap makanan bernutrisi, ada baiknya Anda makan sambil melihat gambar-gambar makanan berkalori tinggi agar selera makan pun meningkat.

tara brokoli dan kol Brusel (Brussels sprouts) adalah sayuran yang lebih umum dikonsumsi di Amerika Serikat serta negara lain Barat,” kata Nechuta. “Kedua, jumlah konsumsi di kalangan perempuan China jauh lebih banyak ketimbang

yang dilakukan perempuan AS,” katanya. Nechuta mengatakan penelitian masa depan dapat dipusatkan pada peran zat bioaktif pada sayuran persilangan – terutama isotiosianat dan indole – dan bagaimana dosis yang berbeda bisa memiliki dampak pada kanker.

Penyakit tulang yang banyak menyerang tulang belakang ini dapat diantisipasi dengan nutrisi yang baik, serta olah raga yang benar dan teratur. “Panganan yang mengandung kalsium serta gizi berimbang merupakan nu-

Osteoporosis itu dipicu karena gaya hidup yang tidak sehat sejak muda. Ini adalah ‘silent disease’ yang perlu diwaspadai, terutama oleh kaum perempuan.” trisi yang tepat untuk tulang,” ujar Ida, yang menambahkann bahwa ikan teri merupakan nutrisi yang bagus sebagai pengganti susu. Selain itu, senam di pagi hari juga merupakan olah raga yang cukup baik untuk mencegah osteoporosis. “Senam itu kan murah meriah, sehat, apalagi cahaya matahari paling bagus untuk penyerapan kalsium dengan lebih baik,” kata Ida.


B8 Infotainment

EDISI APRIL 2012 www.theindustrialpost.com

Agnes Monica Menang

Shorty Awards di AS Juri Indonesian Idol tersebut sukses mengalahkan musisi dunia lainnya seperti Justin Bieber dan Joe Jonas. Agnes Monica meraih penghargaan di ajang tahunan Shorty Awards 2012 yang digelar di Amerika Serikat (AS), akhir Maret lalu. Untuk diketahui. Shorty Awards memberikan penghargaan kepada orangorang yang aktif di media sosial, mulai dari Facebook, Tumblr, You Tube, Foursquare, dan laman sosial lainnya. Agnes yang memiliki 3.6 juta followers di situs microblogging Twitter ini memenangkan penghargaan untuk kategori penyanyi. Juri Indonesian Idol tersebut sukses mengalahkan musisi dunia lainnya seperti Justin Bieber dan Joe Jonas. “Setelah menang vote, dinilai lagi sama juri di sana. Jadi memang vote, belum tentu dapat penghargaan. Tapi ternyata pas di sana aku menang juga. Jadi ya puji Tuhan,” ujar Agnes di Perma-

ta Hijau, Jakarta Barat, Selasa. Pelantun ‘Rindu’ ini mengaku tak terlalu mengejar penghargaan. Ia menilai, penghargaan hanya salah satu indikator untuk membuktikan prestasi. “Banyak yang nggak menang awards, tapi prestasinya baik,” ucapnya. Saat ini, Agnes masih terus menggarap proyek musik di AS. Alhasil, ia harus bolak-balik Indonesia Jakarta dalam hitungan bulan. “Nanti Mei aku balik ke Amerika lagi. Pokoknya kalau nggak satu bulan di sini, satu bulan di sana. Atau dua bulan di sini, dua bulan di sana,” kata Agnes.

Syahrini Dikabarkan akan Menikah dengan Pria Malaysia Jika Anang dan Ashanty belum memberikan kepastian kabar soal hari pernikahan mereka, Syahrini justru berbeda. Penyanyi ini dikabarkan akan segera mengakhiri masa lajangnya pada 5 Mei 2012 mendatang. Ia akan dipinang pria asal Malaysia yang beberapa bulan ini telah mengisi hatinya. Kabar soal pernikahan Syahrini dengan pria yang masih dirahasiakan jati dirinya itu makin santer terdengar. Bahkan, Syahrini disebut-sebut telah memesan gaun pengantin ke salah satu perancang terkenal. Saat disinggung soal pernikahan Syahrini, Rani, adik sekaligus manajer pelantun ‘Sesuatu’ itu, menolak untuk menjawab. Spekulasi soal pernikahan Syahrini juga semakin diyakini lantaran penyanyi berdarah Sunda itu pernah menyatakan dirinya berharap segera dilamar kekasihnya tahun ini. Syahrini pun sudah membicarakan soal pernikahan dengan orang-orang terdekatnya. Syahrini juga pernah bercerita soal konsep pernikahan impiannya. Ia ingin menikah dalam suasana yang private dengan dihadiri keluarga dan teman-teman dekatnya saja. Tetapi, ia tak akan menutupi pernikahannya.

www.kapanlagi.com

“Teman-teman (wartawan) pasti akan aku kasih tahu juga. Itu kan kabar bahagia,” ujar pelantun ‘Kau Yang Memilih Aku’ ini.

Once Akan Hadir di Konser Ahmad Dhani Musisi Ahmad Dhani akan menggelar konser bertajuk ‘Ahmad Dhani and Indonesian All Stars’ pada 13 Juni 2012 mendatang. Konser tersebut dalam rangka merayakan kiprah Dhani selama 20 tahun di industri musik Tanah Air.

www.vivanews.com

Tahukah Anda?

Once yang telah hengkang dari Dewa 19 mengaku akan hadir dalam konser yang akan berlangsung di Jakarta Convention Center tersebut. “Saya hadir, tapi lagunya belum confirmed. Masih dibicarakan,” ujar Once saat ditemui di Jakarta Selatan, Rabu.

1

Konsep iPhone Ternyata Sudah Ada Sejak 1983

Ingatkah anda tahun berapa iPhone pertama kali diperkenalkan? Tahun 2007 dengan Iphone 2G? Ternyata jauh sebelum masuk abad millennium ini iPhone pertama kali hadir ternyata di tahun 1983. Hadir dalam bentuk konsep, tidak ada tampilan touchscreen, dan tentu saja belum ada fitur-fitur aplikasi yang canggih seperti sekarang.

Sementara itu Once yang telah meninggalkan Dewa 19 lebih dari satu tahun lalu, kian mantap bersolo karier. Meski rindu bermain dalam sebuah band, Once mengaku lebih menikmati kondisinya saat ini. “Sebenarnya saya suka main band, tapi lagi enjoy sendiri. Bisa ekspresif sendiri. Hari begini ngeband itu susah untuk menggabungkan,” ujar Once di Jakarta Rabu. www.kumpulanfoto.net

iPhone ini dibuat dengan tampilan serba putih dan layar built-in yang dikendalikan dengan telepon stylus. Dirancang untuk Apple oleh Hartmut Esslinger, seorang desainer berpengaruh yang membantu membuat komputer Apple Iic dan kemudian mendirikan Frogdesign. iPhone 1983 ini merupakan sebuah arsip sejarah yang ada di Stanford University. Gambar akan kehadiran iPhone pertama di tahun 1983 sendiri berada di Stanford University disumbangkan pada tahun 1997 dan setelah Steve Jobs kembali bergabung dengan perusahaan tersebut. Saat ini hanya ada beberapa wartawan dan organ-

2

World Heritage of Intangible Culture

Tahukah anda bahwa Indonesia memiliki 4 objek yang termasuk dalam World Heritage of Intangible Culture yang sudah tercatat di UNESCO. Objek-objek tersebut antara lain adalah : 1. Wayang Pertunjukan wayang telah diakui oleh UNESCO pada tanggal 7 November 2003, sebagai karya kebudayaan yang mengagumkan dalam bidang cerita narasi dan warisan yang indah dan sangat berharga (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity). 2. Keris Keris mendapatkan pengakuan UNESCO pada tahun 2005. Keris yang saat ini kita kenal adalah hasil proses evolusi yang panjang. Keris modern yang dikenal saat ini

3

isasi yang dipercaya Stanford University yang mendapatkan sumber-sumber akan kehadiran konsep iPhone pada 1983 ini. Tapi tentunya hal ini setidaknya menambah pengetahuan kita, bahwa inilah awal petualangan iPhone hingga tahun 2012 kini.

adalah belati penusuk yang unik dengan bermacam bentuk. Selain digunakan sebagai senjata, keris juga sering dianggap memiliki kekuatan supranatural. Senjata ini sering disebutsebut dalam berbagai legenda tradisional, seperti keris Mpu Gandring dalam legenda Ken Arok dan Ken Dedes. 3. Batik Batik diakui sebagai World Heritage oleh UNESCO pada tahun 2009. Untuk merayakannya, Indonesia menjadikan setiap tanggal 2 Oktober sebagai hari batik nasional. Batik Indonesia memiliki motif bermacam-macam tergantung pada daerahnya. 4. Angklung Alat musik bambu yang dapat menghasilkan suara sangat indah ini gemanya sudah terkenal hingga ke mancanegara.

Timnas Jerman di Piala Dunia 2010 Timnas Sepakbola Jerman, yang berlaga di Piala Dunia 2010, memberikan sebuah data yang menarik. Para punggawa Jerman ternyata tidak seluruhnya berasal dari Negara mereka sendiri. Dua Belas pemain, dari 23 pemain yang dibawa pelatih Joachim Loew ke Afrika Selatan, bukanlah asli berdarah Jerman dan 1 orang diantaranya merupakan pemain naturalisasi yaitu Cacau (Brasil). Keduabelas pemain itu antara lain adalah Sami Khedira (Tunisia), Mesut Ozil (Turki), Serdar Tasci (Turki), Lukas Podolski (Polandia), Miroslav Klose (Polandia), Piotr Trochowski (Polandia), Marko Marin (Serbia), Dennis Aogo (Nigeria), Jerome Boateng (Ghana), Mario Gomez (Spanyol).


Industrial Post Edisi 16  

Indonesia Sanggup Memimpin Dunia

Advertisement
Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you