Issuu on Google+

Agt - Okt 2013

ALUMNI magazine

Pendidikan Bhakti Wiyata Kediri 1985

IIK News

Kompetisi Farmasi UGM IIK Majors Health

Pikun di usia muda

Pentingnya Tenaga Kebidanan

Inspirations

5 Tokoh Cilik Inspirasi Dunia

Cover Story

Tetesan Embun Pagi


1

| Letter From

LETTER FROM

“

PR IIII

Mahasiswa IIK Bhakti Wiyata Kediri sudah banyak mengalami peningkatan prestasi baik ditingkat daerah maupun ditingkat nasional

Kepada Yth Semua Alumni IIK Bhakti Wiyata Kediri ‌.

“

Salam sukses bagi seluruh alumni IIK Bhakti Wiyata Kediri yang tersebar di bumi persada Indonesia. Kami sangat bangga dan puas melihat para alumni IIK Bhakti Wiyata Kediri sukses menjadi tenaga profesional dibidang kesehatan yang tersebar di Rumah sakit,Dinas Kesehatan,Puskesmas dan tempat kerja lainnya. Kami lebih bangga lagi para alumni juga mempercayakan adik-adik, saudara dan kerabatnya untuk menempuh pendidikan di IIK Bhakti Wiyata Kediri,bahkan para alumni juga kembali menempuh pendidikan di IIK Bhakti Wiyata Kediri untuk menaikkan jenjang pendidikan dari SMK ke Diploma III. Perlu kami sampaikan bahwa mahasiswa IIK Bhakti Wiyata Kediri sudah banyak mengalami peningkatan prestasi baik ditingkat daerah maupun ditingkat nasional,diantaranya mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi meraih juara I lomba Research Competition Densitry yang dilaksanakan di Universitas Indonesia pada tanggal 21-24 juni 2012, Juara II Student poster Award yang dilaksanakan di Universitas Trisakti Jakarta, serta meraih juara III lomba Karya Tulis Ilmiah yang dilaksanakan di Universitas Jember tahun 2013. Agus Ubaidillah mahasiswa S1 Kesehatan Masyarakat berhasil menyisihkan finalis duta BKKBN di tingkat kediri untuk melanjutkan di tingkat provinsi,dan masih banyak lagi berbagai lomba yang dimenangkan mahasiswa IIK Bhakti Wiyata Kediri ditingkat daerah. Keberhasilan anak didik kami tak lepas dari dukungan semua pihak baik dosen,Yayasan maupun alumni dan siapapun yang tak bisa kami sebutkan satu persatu. Kami sangat berterimakasih atas bantuan dan dukungannya kepada semua pihak.Kami mohon dukungan dan peran aktif dari alumni untuk perkembangan pendidikan IIK Bhakti Wiyata Kediri sehingga kami bisa mencetak alumni lagi yang terus lebih bagus.

Wiwik Werdiningsih,S.Si PR III

Alumni Magz IIK Bhakti Wiyata | Agt - Okt 2013


Fakultas Kedokteran Gigi

Fakultas Farmasi

Fakultas Sains & Kesehatan

Jl. KH. Wahid Hasyim 65 Kediri 64114 Jawa Timur, Indonesia tlp. (0354) 773299 / 774040

Pendidikan Bhakti Wiyata Kediri 1985

www.iik.ac.id


CONTENTS

Alumni Magz IIK Bhakti Wiyata | Agt - Okt 2013

1

LETTER FROM PR III

5

COVER STORY

7

TESTIMONIAL

9

FAKTA UNIK

11

HEALTH

15

IIK NEWS

14

IIK PHOTOS

17

IIK MAJORS

Be Smart with IIK

UKM IIK Bhakti Wiyata

Arti Simbol Botol Plastik Kompetisi Farmasi UGM

Pentingnya Tenaga Kebidanan


19

IIK KARIR

Tips Sukses Wawancara Kerja

21

INSPIRATIONS

24

FRESH & NEW

25

ALUMNI

EDITORIAL

ALUMNI MAGAZINE

5 Tokoh Cilik Inspirasi Dunia

Menabung sambil bermain Hendra Setiawan Suwandi

“Wiraswasta yang sukses”

27

SERBA - SERBI

29

SERBA - SERBI

31

BOOKS PREVIEWS

33

SERBA - SERBI

Kota Indah di Indonesia 7 Fakta 17 Agustus

Makna Ketupat Lebaran

35

HEALTH

37

WISE STORY

Kirimkan saran dan kritik serta cerita dan informasi menarik yang ingin teman-teman bagikan kepada IIK Magz, kirimkan melalui email :

39

FRESH & NEW

editorial@iik.ac.id

Pikun di usia muda Rahasia Kebahagiaan

Vacum Bag

Terima kasih Salam redaksi, Shinta Lestari T Alumni Magz IIK Bhakti Wiyata | Agt - Okt 2013


5

| Cover Story

Selamat Hari Raya

Idul Fitri 1434 H! Mohon Maaf Lahir Batin Alumni Magz IIK Bhakti Wiyata | Agt - Okt 2013


Cover Story |

6

cover story :

TETESAN

EMBUN PAGI Pada Cover Alumni Magazine kali ini kami menggunakan foto Embun Pagi. Kenapa demikian? Ketika kita melihat kebeningan tetesan-tetesan embun pagi yang menetes dari dedaunan hijau turun mengalir ke arah yang lebih rendah. Sungguh jika kita perhatikan, alangkah betapa bahagianya seorang jiwa manusia yang hatinya mampu bening, bersih seperti beningnya embun yang menetes di pagi hari. Memasuki bulan suci Ramadhan hendaknya kita mensucikan diri dan membersihkan hati seperti tetesan embun pagi. Ada kalanya kita mesti belajar banyak dari alam, karena tanpa kita sadari, betapa banyak pembelajaran yang sebenarnya dapat kita peroleh dari kejadian-kejadian yang ada pada alam ini, seperti halnya embun pagi yang dia begitu bersinar, murni lagi bersih jauh dari kotoran-kotoran yang mungkin bakal menodainya. Semoga, dari sekian banyak pembelajaran yang kita lihat dari fenomena alam itu, sekiranya kita mampu mengambil manfaat sebagai petunjuk sekaligus bekal perjalanan kita di dunia ini ^^

Alumni Magz IIK Bhakti Wiyata | Agt - Okt 2013


07

| Testimonial

Testimonial

iikbwkediri

Jika teman-teman diberikan kesempatan untuk membuat suatu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), UKM apa yang akan teman-teman buat di Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata? Berikan juga alasannya yah...

Priska Damayanti UKM Seni. Sehubungan dengan jadwal kuliah mahasiswa yang begitu padat, UKM seni juga bisa membantu merefresh dan menularkan bakatbakat mahasiwa yg terpendam karena jadwal kuliah yg sangat menguras otak. misalnya ada divisi tari, teater, photografhy, desain, padus, musik, dll.

Lathifa El Syafa UKM Peduli Masyarakat. Ingin mengadakan kegiatan diluar kampus (baksos) setiap akhir tahun, dibentuk kepengurusan, dan mahasiswa boleh mengkikuti UKM tersebut (bagi yang mau).. sekaligus merefresh otak diantara padatnya jam dan melatih sosial terhadap diri sendiri kepada masyarakat.

Danang Aditia Rahman UKM Musik. Didalam UKM musik tersebut juga dibentuk kepengurusan, seperti membentuk EO sendiri seperti kampus-kampus lain. Mereka bisa membuat acara musik sendiri, mencari seponsor, bahkan bisa mendatangkan artis sendiri, tanpa bantuan EO dari luar. Terima kasih.

Alumni Magz IIK Bhakti Wiyata | Agt - Okt 2013


Testimonial |

08

Aq Lielie Julie Teater untuk hiburan disela-sela jadwal anak-anak kesehatan yang super duper menguras otak dan tenaga! atau Badminton dan olahraga lainnya..... Anak kesehatan kan harus sehat dan salah satunya dengan berolahraga....

Nesya Ardella EL Hidayah UKM Jurnalistik jadi, minat membaca dan menulis pelajar saat ini sangat minim. Coba maknai kata : “satu kata bisa mengubah dunia� semoga menjadi saran yang bermanfaat bagi teman-teman!

Mbah Bodho Edisi Ramadhan Pencinta Alam, sejauh ini belum pernah ada padahal kampus lain sudah sedemikian berkembang. orang kesehatan juga harus mencintai dan melestarikan lingkungan dan alamnya, selain menambah wawasan, juga ketrampilan keberanian dan juga sebagai wujud rasa cinta kepada tanah air nusantara. Siapa lagi yang mengenal indoesia kalau bukan generasi muda

Denyz Philepoz Paduan Suara. Paduan suara itu global, dibutuhkan untuk acara kampus apapun, kegiatan apapun, satu-satunya kampus tanpa Paduan suara ya cuma IIK, lomba PS kampus swasta seprovinsi IIK gak ikut. Malumaluin kan?

Alumni Magz IIK Bhakti Wiyata | Agt - Okt 2013


9

| Fakta Unik

Binatang

Beruang dewasa dapat lari secepat kuda

Kecuali manusia dan monyet, semua mamalia buta warna

Sapi tidak punya gigi atas

Macan mempunyai kulit yang belang,bukan hanya bulu yang belang

Kuda Nil kentut lewat mulut

Kutu rambut sebenarnya lebih suka hidup di kulit kepala yang bersih dari pada yang kotor

Tanduk badak sebenernya terbentuk dari rambutnya yang mengeras

Alumni Magz IIK Bhakti Wiyata | Agt - Okt 2013

beruang Kutub hanya ada di Kutub Utara sedangkan Penguin hanya ada di Kutub Selatan

Babi tidak bisa berkeringat karena tidak mempunyai kelenjar keringat di tubuhnya. Karena itu babi mendinginkan tubuhnya dengan cara mandi di lumpur.


Fakta Unik |

10

Manusia

Jika lever manusia berhenti bekerja, manusia akan mati dalam 8 samapai 24 jam

25% dari tulang manusia ada di kaki

Kebanyakan orang bisa mendengar lebih baik dengan kuping kanan

Gigi merupakan satusatunya bagian tubuh yang tidak dapat memperbaiki dirinya sendiri apabila rusak

Astronomi

Jika anda masuk ke ke sumur yang dalam, anda bisa melihat bintang dilangit walaupun siang hari

Anak baru lahir memiliki 350 tulang. Mereka menyatu atau menghilang sampai menjadi 206 pada usia 5 tahun

Otak Manusia lebih aktif saat malam hari

Jika 2 potong logam bersentuhan diangkasa, Maka akan menempel selamanya.

Alumni Magz IIK Bhakti Wiyata | Agt - Okt 2013


11

| Health

ARTI SIMBOL BOTOL & Kemasan Plastik Saat membeli botol plastik, sebaiknya perhatikan tanda pengenal plastik yang terletak di bagian bawah, berbentuk segitiga, di dalam segitiga tersebut terdapat angka serta nama jenis plastik di bawah segitiga. Tanda tersebut merupakan kode yang dikeluarkan The Society of Plastic Industry pada tahun 1998 di Amerika Serikat dan diikuti oleh lembaga-lembaga pengembangan sistem kode, seperti ISO (International Organization for Standardization). Agar tidak salah membeli anda sebelumnya harus mengetahui arti dari tanda tersebut..

1 Polyethylene Terephthalate (PET, PETE) PET memiliki karakteristik transparan, jernih, dan kuat. Biasanya dipergunakan sebagai botol minuman (air mineral, jus, soft drink, minuman olah raga) tetapi tidak untuk air hangat atau panas. Botol plastik jenis PETE atau PET ini disarankan hanya untuk sekali pakai. Bila terlalu sering dipakai, apalagi digunakan untuk menyimpan air hangat apalagi panas, akan mengakibatkan lapisan polimer pada botol plastik tersebut akan meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker dalam jangka panjang.

2 High Density Polyethylene (HDPE) Botol plastik jenis HDPE memiliki sifat bahan yang lebih kuat, keras, buram dan lebih tahan terhadap suhu tinggi. Cocok untuk mengemas produk yang memiliki umur pendek seperti susu karena HDPE memiliki ketahan kimiawi yang bagus, plastik tipe ini juga dapat digunakan untuk mengemas deterjen dan bleach. Sama seperti PETE, HDPE juga disarankan hanya untuk sekali pemakaian

3 Polyvinyl Chloride (PVC) Memiliki karakter fisik yang stabil dan tahan terhadap bahan kimia, pengaruh cuaca, aliran, dan sifat elektrik. Ini bisa ditemukan pada plastik pembungkus (cling wrap) dan botol plastik-botol plastik. Reaksi yang terjadi antara PVC dengan makanan yang dikemas dengan plastik ini berpotensi berbahaya untuk ginjal, hati dan berat badan.

Alumni Magz IIK Bhakti Wiyata | Agt - Okt 2013


Health |

12

4 Low Density Polyethylene (LDPE) yaitu plastik tipe cokelat (thermoplastic, dibuat dari minyak bumi), biasa dipakai untuk tempat makanan, plastik kemasan, dan botol plastik-botol plastik yang lembek. Sifat mekanis jenis LDPE ini adalah kuat, tembus pandang, eksibel dan permukaan agak berlemak, daya proteksi terhadap uap air tergolong baik, dapat di daur ulang serta baik untuk barang-barang yang memerlukan eksibilitas tapi kuat. Barang berbahan LDPE ini sulit dihancurkan, tetapi tetap baik untuk tempat makanan karena sulit bereaksi secara kimia dengan makanan yang dikemas dengan bahan ini.

5 Polypropylene (PP) Karakteristik PP adalah botol plastik transparan biasa yang tidak jernih atau berawan. PP lebih kuat dan ringan dengan daya tembus uap yang rendah, ketahanan yang baik terhadap lemak, stabil terhadap suhu tinggi dan cukup mengkilap. Jenis PP ini adalah pilihan bahan plastik terbaik, terutama untuk tempat makanan dan minuman seperti tempat menyimpan makanan, botol plastik minum dan terpenting botol plastik minum untuk bayi.

6 Polystyrene (PS) PS biasa dipakai sebagai bahan tempat makan styrofoam, tempat minum sekali pakai, tempat CD, karton tempat telor, dll. Pemakaian bahan ini sangat dihindari untuk mengemas makanan karena bahan styrine dapat masuk ke dalam makanan ketika makanan tersebut bersentuhan. Bahan Styrine berbahaya untuk otak dan sistem syaraf manusia. Bahan ini dibanyak negara bagian di Amerika sudah melarang pemakaian tempat makanan berbahan styrofoam termasuk negara cina. Bahan ini sulit di daur ulang. Bila di daur ulang, bahan ini memerlukan proses yang sangat panjang dan lama.

7 Other Untuk jenis plastik 7 Other ini ada 4 macam, yaitu SAN (Styrene Acrylonitrile), ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene), PC (Polycarbonate) dan Nylon. Dapat ditemukan pada tempat makanan dan minuman seperti botol plastik minum olahraga, suku cadang mobil, alat rumah tangga, komputer, alat elektronik dan plastik kemasan. SAN dan ABS memiliki resistensi yang tinggi terhadap reaksi kimia dan suhu, kekuatan, kekakuan dan tingkat kekerasan yang telah ditingkatkan. Biasanya SAN terdapat pada mangkuk mixer, pembungkus termos, piring, alat makan, penyaring kopi dan sikat gigi. Sedangkan ABS biasanya digunakan sebagai bahan mainan lego dan pipa. Bahan-bahan ini (SAN & ABS) merupakan salah satu bahan plastik yang sangat baik untuk digunakan dalam kemasan makanan ataupun minuman. PC (Polycarbonate) dapat ditemukan pada botol plastik susu bayi, gelas anak batita, botol plastik minum polikarbonat dan kaleng kemasan makanan serta minuman, termasuk kaleng susu formula. Pemakaian dianjurkan tidak digunakan untuk tempat makanan ataupun minuman. Ironisnya botol plastik susu sangat mungkin mengalami proses pemanasan. Entah itu untuk tujuan sterilisasi dengan cara merebus, dipanaskan dengan microwave atau dituangi air panas. Alumni Magz IIK Bhakti Wiyata | Agt - Okt 2013


13

| IIK News

KOMPETISI

FARMASI UGM

P

ada tanggal 1 Desember 2012 kemarin, 2 tim yang mewakili Fakultas Farmasi IIK Bhakti Wiyata Kediri berkesempatan mengikuti National Pharmacy Compettion yang diadakan oleh Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Dua tim ini terdiri dari dari 6 orang, mereka adalah: 1. Fitasari (S1 Farmasi tingkat 4) 2. Siti Ayu Fuji Rahayu (S1 Farmasi tingkat 4) 3. Chandra Arifin (S1 Farmasi tingkat 3) 4. Reka Wardani (S1 Farmasi tingkat 3) 5. Nur Kumalasari (S1 Farmasi tingkat 3) 6. Panji Ratih Suci (S1 Farmasi tingkat 3) National Pharmacy Competition merupakan kompetisi cerdas cermat, debat dan konseling yang diikuti oleh Mahasiswa Farmasi dari seluruh Universitas di Indonesia, baik universitas negeri maupun swasta. National Pharmacy Competition menjadi salah satu rangkaian acara PTC (Pharmacy Talk Show and Competition) yang diadakan oleh Fakultas Farmasi UGM. Ini merupakan pertama kalinya untuk Fakultas Farmasi IIK mengikuti kompetisi bertaraf Nasional. Walaupun Mahasiswa Farmasi dari IIK tidak dapat masuk ke babak Semi Final, Namun ini merupakan kebanggaan dan pembuktikan bahwa mahasiswa Fakultas Farmasi IIK juga mempunyai kemampuan untuk bersaing di Nasional. Dengan adanya pengalaman ini, semoga nantinya generasi-generasi baru Fakultas Farmasi dapat bersaing lagi di Nasional, dan meraih juara. Viva la Pharmacy!! Alumni Magz IIK Bhakti Wiyata | Agt - Okt 2013


IIK Photos |

14

OPEN HOUSE 18 Mei 2013

Alumni Magz IIK Bhakti Wiyata | Agt - Okt 2013


15

| IIK Photos

Kedatangan Mahasiswa Timor Leste Murid Timor Leste 100 datang di Bandara Juanda Surabaya pada bulan JUli 2013 Langsung ke Kediri dan orientasi bersama Kamis, tgl 1 Agustus 2013 40 - D3 Farmasi 40 - Teknik Gigi 20 - Kedokteran Gigi Total murid Timor Leste sekarang ada 210 mahasiswa dan bulan September akan ada 100 lagi yang datang dibiayai oleh pemerintah Timor Leste.

Alumni Magz IIK Bhakti Wiyata | Agt - Okt 2013


IIK Photos |

16

Kegiatan

MOS

SMK Bhakti Wiyata 277 Siswa Baru

Alumni Magz IIK Bhakti Wiyata | Agt - Okt 2013


17

| IIK Majors

PENTINGNYA

TENAGA KEBIDANAN

K

ehamilan Adalah Anugerah, untuk itu harus diselamatkan, kehamilan merupakan jalan menuju generasi berikutnya, generasi harus lebih baik dari genarasi sebelumnya, generasi yang akan meneruskan, menyambung asa. Maka selayaknya jika proses regenarasi tersebut direncanakan, dimonitoring oleh ahlinya, supaya proses tumbuh kembang generasi dapat seperti yang diinginkan. Bidan adalah seseorang yang telah menempuh pendidikan bidan yang diakui oleh negara serta memperoleh kualifikasi dan diberi izin untuk menjalankan praktek kebidanan. Ia harus mampu memberikan supervisi, asuhan, dan memberikan nasehat yang dibutuhkan kepada wanita selama masa kehamilan, persalinan, dan masa pascapersalinan, memimpin persalinan atas tanggung jawabnya sendiri serta asuhan pada bayi baru lahir dan anak. Asuhan ini termasuk tindakan preventif, pendeteksian kondisi abnormal pada ibu dan bayi, dan mengupayakan bantuan medis serta melakukan tindakan pertolongan gawat darurat pada saat tidak hadirnya tenaga medis lainnya. Alumni Magz IIK Bhakti Wiyata | Agt - Okt 2013

Sebagai salah satu profesi dalam bidang kesehatan, Bidan memiliki kewenangan untuk memberikan Pelayanan Kebidanan (Kesehatan Reproduksi) kepada perempuan remaja putri, calon pengantin, ibu hamil, bersalin, nifas, masa interval, klimakterium, dan menopause, bayi baru lahir, anak balita dan prasekolah. Selain itu Bidan juga berwenang untuk memberikan Pelayanan Keluarga Berencana dan Kesehatan Masyarakat, serta salah satu tenaga kesehatan yang memiliki peranan serta pengaruh secara langsung terhadap penurunan Angka Kematian Bayi, Angka Kematian Balita dan Angka Kematian Ibu. Oleh karena itu bidan merupakan ujung tombak pembangunan kesehatan. Penyelenggara pembangunan kesehatan tentunya perlu didukung oleh tenaga kesehatan professional, seluruh masyarakat dan pemerintah. Oleh karena itu khususnya dalam penyediaan tenaga kesehatan professional diarahkan untuk menciptakan tenaga kesehatan yang ahli dan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta berpegang teguh pada pengabdian bangsa dan negara serta etika profesi.


IIK Majors |

18

Tenaga Kebidanan diharapkan mampu melaksanakan tugas – tugas kebidanan sebagai berikut :

Di Institut Ilmu Kesehatan (IIK) sendiri juga tersedia Jurusan D3 Kebidanan, saat ini IIK sudah meluluskan banyak Tenaga Kerja Profesional di bidang Kebidanan.

1

Melaksanakan pelayanan kebidanan pada wanita pra perkawinan, ibu pra hamil, melahirkan, nifas, menyusui dan pada wanita dengan gangguan system reproduksi, bayi baru lahir dan balita

2

Melaksanakan asuhan kebidanan komunitas dan pelayanan kesehatan keluarga berencana

3

Melaksanakan asuhan kesehatan pada bayi dan anak balita serta pelayanan kesehatan lainnya yang sesuai dengan peraturan – peraturan yang berlaku

4

Memberikan pendidikan, bimbingan dan penyuluhan dalam asuhan / pelayanan Kebidanan

5

Mengelola unit – unit pelayanan KIA – KB

6

Melaksanakan penelitian dalam bidang asuhan / pelayanan Kebidanan

Tujuan Pendidikan Kebidanan : 1

Menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan tugas Sesuai dengan kompetensi, dediksi dan moral yang tinggi berdasarkan ketaqwaan

2

Menghasilkan lulusan yang mampu mengelola pelayanan kesehatan sesuai dengan tanggung jawab Profesinya

3

Menghasilkan lulusan yang mampu berkomunikasi dan melaksanakan kerjasama lintas program dan lintas sektoral dalam pelaksanaan tugasnya

4

Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan diri sesuai dengan profesinya

Alumni Magz IIK Bhakti Wiyata | Agt - Okt 2013


19

| IIK Karir

TIPS SUKSES

WAWANCARA KERJA Survey Lokasi Wawancara Kerja Satu hari sebelum wawancara kerja diselenggarakan, sempatkan diri Anda untuk survey atau mengecek lokasi interview. Hal ini dilakukan agar keesokan harinya Anda tidak sibuk mencari lokasi wawancara kerja. Namun jika Anda sudah mengetahuinya hal ini tidak perlu Anda lakukan.

Datanglah Lebih Awal Datanglah 10 menit atau lebih cepat dari jadwal wawancara kerja yang ditentukan oleh pihak penyelenggara. Dengan datangnya Anda lebih awal, Anda dapat merileks-kan diri, sehingga tidak tergopoh-gopoh yang menyebabkan berkeringat dan gugup.

W

awancara kerja atau lebih sering kita dengar dengan sebutan interview kerja merupakan hal yang paling menakutkan dikalangan jobseeker atau pelamar kerja yang sudah lulus dalam tahap tes psikotes. Tidak jarang calon karyawan atau pegawai baru, tidak lulus wawancara kerja. Salah satu sebab tidak lulusnya interview kerja adalah kurngnya persiapan. Sehingga ketika wawancara kerja berlangsung, peserta gugup dalam menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan oleh interviewer atau si pewancara. Berikut ini merupakan tips wawancara kerja serta persiapan yang harus Anda lakukan sebelum wawancara kerja/interview: Alumni Magz IIK Bhakti Wiyata | Agt - Okt 2013

Berpakaianlah yang Rapi dan Formil Seni berpakaian yang rapi dan formil tidak selalu mahal. Anda dapat berpakaian dengan kemampuan financial Anda. Untuk pria, pakailah pakaian kemeja lengan panjang dengan warnah cerah namun tidak norak atau mencolok. Anda juga bisa memakai kemeja bermotif atau polos. Untuk kemeja yang bermotif, usahakan motifnya tidak terlalu banyak, hal ini memiliki penilaian sikologis oleh si pewawancara. Normalnya pakaian yang dipakai untuk wawancara kerja adalah kemeja putih dan celana panjang warna hitam dengan bahan keper. Untuk wanita, jangan ber make up terlalu tebal, bermake up lah sewajarnya. Mengenai pakaian, pakailah pakaian yang menunjukkan Anda seorang pekerja. Soalnya, saya sering sekali menjumpai banyak wanit ketika wawancara kerja, memakai pakaian seperti kondangan dengan make up yang berlebihan.


IIK Karir |

20

Siapkan Jawaban Atas Pertanyaan Wawancara Kerja Hal ini perlu Anda lakukan, carilah kemungkinan pertanyaan yang akan di tanyakan pewawancara kerja, misalnya seputar posisi yang Anda lamar atau tentang profil perusahaan. Dengan Anda melakukan persiapan ini, Kepercayaan diri Anda akan bertambah, sehingga tidak perlu khawatir lagi untuk tidak dapat menjawab pertanyaan dari interviewer.

Awali Sapaan dan Jabat Tangan Ketika giliran Anda di panggil untuk interview, ketoklah pintu sebelum Anda masuk kedalam ruangan si pewawancara. Kemudian ulurkan tangan Anda lebih awal untuk berjabat tangan, genggam tangannya dengan erat sembari mengucapkan sapaan hangat, apakah itu dengan sapaan apa kabar, selamat siang atau dengan sapaan formil lainnya. Hal ini akan memberi kesan positif kepada pewawancara bahwa Anda adalah orang yang smart dan ramah serta percaya diri

Jujur dan Jangan Bertele-tele Ketika Anda ditanya oleh pewawancara, jawablah dengan jujur, usahakan jawaban Anda sesuai dengan apa yang ditanyanyakan. Tataplah mata si pewawancara dengan wajar, untuk memberi kesan penghormatan dan menampilkan kepercayaan diri Anda ketika pewawancara sedang bertanya.

Akhiri Perpisahan Dengan Jabat Tangan Setelah Anda siap diwawancarai, hal yang terakhir yang harus Anda lakukan adalah memberi jabat tangan dengan interviewer sembari memberikan senyuman ramah. Semoga bermanfaat .. =)

Alumni Magz IIK Bhakti Wiyata | Agt - Okt 2013


21

| Inspirations

5 TOKOH CILIK INSPIRASI DUNIA Berikut adalah beberapa tokoh pahlawan anak – anak, dengan beberapa diantaranya adalah anak – anak yang penuh dengan kekurangan. Namun, justru kekurangan itulah yang membuat mereka berjuang hingga akhirnya menjadi seorang tokoh pahlawan. Mari kita simak kisah perjuangan hidup para pahlawan cilik ini. 1

1. Anne Frank (1929 – 1945) Annelies Marie “Anne” Frank dikenal dunia melalui tulisannya di dalam buku hariannya. Buku hariannya sendiri berisi mengenai pengalaman hidupnya pada zaman pendudukan Nazi Jerman pada Perang Dunia Ke-2. Anne Frank adalah seorang gadis keturunan Jerman Yahudi. Pada tahun 1933, Anne sekeluarga pindah ke Amsterdam dalam rangka melarikan diri dari penjajahan Nazi di Jerman. Sayangnya, pada tahun 1940, Jerman berhasil menduduki Belanda. Ketika itu, Anne sekeluarga berhasil selamat karena bersembunyi di sebuah kamar rahasia yang terletak di Gedung Perkantoran ayahnya. Pada bulan Juli 1942, ada seorang pengkhianat yang membocorkan tempat persembunyian Anne sekeluarga kepada pihak Nazi. Sehingga akhirnya Anne Frank dan sekeluarga diangkut ke kamp konsentrasi Nazi.

Anne Frank kemudian meninggal 7 bulan setelah penangkapan tersebut karena tifus. Ayahnya Anne yang bernama Otto Frank berhasil selamat dari kamp konsentrasi Nazi Jerman. Ketika Otto keluar dari kamp konsentrasi, ia membawa serta buku harian Anne. Buku harian Anne tentang pengalamannya di kamp konsentrasi itu dipublikasikan pada tahun 1947. Namun, baru setelah diterjemahkan dari bahasa Belanda ke bahasa Inggris, buku harian tersebut diterbitkan pada tahun 1952. Semenjak itu, buku harian Anne Frank yang diberi judul “The Diary of a Young Girl” menjadi salah satu buku paling bersejarah. Buku hariannya tidak hanya diakui kualitas tulisannya. Namun juga menjadi salah satu buku yang paling terkenal dalam sejarah Holocaust.

2. Samantha Smith (1972 – 1985) Samantha Reed Smith adalah seorang gadis Amerika yang dinobatkan sebagai Duta Besar Amerika termuda sekaligus seorang “Goodwill Ambassador”. Ketika Samantha masih berusia 10 tahun, ia menulis surat kepada pemimpin Uni Soviet,Yuri Andropov. Isi surat Samantha tak lain adalah rasa keingintahuannya tentang mengapa Uni Soviet berperang dengan pihak Amerika Serikat. Ketika itu, Amerika Serikat dan Uni Soviet memang sedang berada di era Perang Dingin (November 1982). Yang menarik, surat Samantha tersebut diterbitkan di koran Pravda Soviet. Samantha pun sangat senang melihat suratnya diterbitkan di sebuah koran. Setelah melalui beberapa proses, akhirnya surat Samantha pun dijawab

Alumni Magz IIK Bhakti Wiyata | Agt - Okt 2013

2


Inspirations |

22

oleh Yuri Andropov. Surat inilah yang membuat Samantha diangkat menjadi seorang Duta Perdamaian. Samantha pun sempat ikut berpartisipasi menjadi Duta Perdamaian Amerika dengan Jepang. Namun, di usianya yang masih belia, 13 tahun, Samantha meninggal. Pesawat penerbangannya, Bar Harbor Airlines Flight 1808 mengalami kecelakaan yang menewaskan Samantha.

3

3. Hector Pieterson (1964 – 1976) Hector Pieterson adalah salah seorang tokoh terkenal dari peristiwa pemberontakan Soweto. Pemberontakan Soweto merupakan salah satu aksi protes dari para pemuda Afrika yang menentang sistem pemerintahan Apartheid pada tahun 1976. Para pemuda ini tidak rela bila hak asasi mereka dibeda – bedakan berdasarkan ras dan warna kulit mereka. Pada sistem pemerintahan Apartheid, ras berkulit hitam dianggap lebih rendah dari ras kulit putih. Sehingga ras kulit hitam sering mendapatkan perlakuan yang tidak adil dan tidak manusiawi. Para pemuda yang sudah muak dengan pemerintah

akhirnya melancarkan aksi protes. Salah satu tokohnya adalah Hector Pieterson. Sayangnya, Hector ditembak mati oleh pihak kepolisian ketika ia masih berusia 12 tahun. Peristiwa pemberontakan Soweto itu telah memakan korban jiwa sebanyak 600 orang. Oleh karena itu, tanggal kematian Hector, 16 Juni, diperingati sebagai Hari Nasional Pemuda diAfrika. Pada tanggal 16 Juni 2002, Museum Memorial Hector Pieterson diresmikan dalam rangka menghormati para korban pemberontakan Soweto.

4. Iqbal Masih (1982 – 1995) Iqbal Masih adalah seorang pahlawan cilik dari Pakistan. Berkat Iqbal, lebih dari 3.000 anak di bawah umur dapat terbebas dari perbudakan. Berawal dari pengalamannya sendiri. Ketika Iqbal masih berusia 4 tahun, ia dijual oleh orang tuanya sendiri untuk menjadi budak. Orang tua Iqbal menjual Iqbal seharga 12 dolar atau setara dengan 120.000 rupiah. Iqbal dijual kepada seorang juragan pembuat karpet yang kemudian memperbudaknya. Di usianya yang masih 4 tahun, Iqbal sudah dipaksa untuk bekerja membuat karpet. Dalam sehari, Iqbal dipaksa bekerja selama 12 jam. Selama diperbudak, Iqbal hanya diberikan makanan seadanya.

Alumni Magz IIK Bhakti Wiyata | Agt - Okt 2013


23

| Inspirations

4 Oleh karena itu, Iqbal pun tumbuh menjadi seorang remaja yang kekurangan gizi. Pada usia 10 tahun, Iqbal berhasil melarikan diri dari perbudakan ini. Iqbal pun segera mencari pertolongan dan akhirnya bergabung dengan Front Pembebasan Buruh Pakistan. Melalui gerakan inilah Iqbal akhirnya dapat membebaskan sebanyak lebih dari 3.000 anak yang bernasib sama dengan dirinya. Oleh karena jasanya itu, kemudian Iqbal dianugerahi Penghargaan Hak Asasi Manusia Reebok pada tahun 1994. Ironisnya, Iqbal dibunuh oleh “Mafia Karpet” pada tahun 1995 atas aksi pembebasan perbudakan anak yang telah dilakukannya.

5. Nkosi Johnson (1989 – 2001) Nkosi adalah seorang tokoh pahlawan dari Afrika. Semangatnya untuk memperjuangkan hidupnya melawan HIV+ patut diacungi jempol. Nkosi lahir pada tahun 1989 di Johannesburg. Saat itu, Nkosi sudah lahir dengan membawa penyakit HIV+. Nkosi terlahir dengan kondisi demikian karena tertular oleh ibunya sendiri yang sudah mengidap HIV+. Ironisnya, Nkosi lahir tanpa kehadiran seorang ayah. Ia bahkan sama sekali tidak mengetahui siapa ayahnya. Karena kondisi kesehatan ibunya yang tidak memungkinkan untuk merawatnya, Nkosi diadopsi oleh Gail Johnson. Gail adalah seorang praktisi Humas Johannesburg. Seiring pertumbuhannya, Nkosi mendaftar ke sebuah sekolah pada tahun 1997. Namun sekolah tersebut menolaknya karena alasan medis. Sekolah tersebut tidak mau menerima seorang siswa pengidap penyakit

Alumni Magz IIK Bhakti Wiyata | Agt - Okt 2013

HIV+. Penolakan ini kemudian dilaporkan Gail kepada pihak pemerintah Afrika Selatan. Lembaga pemerintahan Afrika Selatan sempat dihebohkan dengan laporan ini. Namun akhirnya, keputusan bahwa semua sekolah dilarang mendiskriminasikan siswa karena alasan medis diberlakukan. Semenjak insiden itu, nama Nkosi mulai menjadi perhatian publik. Sampai akhirnya Nkosi dapat menjadi juru bicara di Konferensi AIDS Internasional yang ke-13. Isi pidato Nkosi menekankan akan persamaan hak yang selayaknya diterima oleh semua penderita HIV+. Moto hidup Nkosi sendiri adalah “Kita Semua Sama.” Melalui pidatonya di depan publik, Nkosi mengajak kepada seluruh penderita AIDS agar terbuka mengenai penyakitnya dan segera meminta pertolongan atau pengobatan. Bahkan Nelson Mandela menobatkan Nkosi sebagai tokoh perjuangan hidup. Nkosi adalah penderita HIV+ yang dapat bertahan hidup paling lama. Nkosi dan ibu angkatnya sempat mendirikan tempat perawatan dan perlindungan bagi para penderita HIV+, khususnya para ibu dan penderita anak – anak.


Fresh & New |

24

MENABUNG Sambil Bermain Menabung sangatlah penting karena bisa mengajarkan kita betapa berharganya uang tersebut. Oleh karena itu, menabung sebaiknya dipelajari sedini mungkin demi masa depan yang cerah. Meskipun tingkat pemahaman anakanak masih rendah, mereka bisa lho di ajarkan menabung sambil bermain, karena sekarang ada berbagai jenis tabungan unik yang pasti membuat anak suka menabung..

1

Face Bank Coin Saver

3

CHOKEN BAKO

Face Bank coin saver adalah sebuah gadget tabungan yang unik dan populer di Japan, keunikan dari produk ini adalah pertama dari designnya, yaitu sebuah muka yang muncul dari dinding tembok. Ke unikan lainnya yaitu, face bank di lengkapi dengan sensor cahaya, jika kita taruh sebuah koin di mulutnya, maka face bank akan mulai mengunyah dan menelan koinnya secara perlahan lahan. 2

ITAZURA CAT

Kucing lucu imut pemakan koin, taruh koin di mangkuk makanannya, si kucing akan diam-diam kluar dan menjulurkan tangannya, langsung dicuri deh koinnya..

Celengan berbentuk anjing ini kalau uang koin ditaruh di tempat makannya, maka anjing akan memakan koin itu dan memasukkan ke dalam kotaknya‌ 4

CHOEN BAKO Kalau uang koin ditaruh di tempatnya, maka monyet akan memainkan koin itu dan memasukkan ke dalam kotaknya..

Alumni Magz IIK Bhakti Wiyata | Agt - Okt 2013


25

| Alumni

Hendra Setiawan Suwandi

“ WIRASWASTA YANG SUKSES “ Perkenalkan nama saya Hendra Setiawan Suwandi kelahiran Tulungagung , 14 Juni 1989. Saya putra bungsu dari tiga bersaudara. Kali ini saya ingin berbagi pengalaman

tahun 2009 saya mencoba kuliah di iik karena ayah saya mempunyai usaha lainnya yaitu apotek Wahyu Agung tetapi selama membuka apotek selalu kesulitan mencari

sukses saya kepada pembaca setia majalah

asisten apoteker. Ternyata yang awalnya saya

iik. Setelah lulus dari SMA tahun 2007 saya melanjutkan menempuh studi di Universitas Kristen Petra Surabaya dengan jurusan sastra

coba – coba saya menjalani dengan senang hati sehingga dapat menyelesaikan studi sampai lulus . Kesan pertama saya ketika

Tionghua tetapi saya tidak menyelesaikannya sampai lulus. Saya menghabiskan waktu

kuliah di iik harus beradaptasi dengan teman – teman dari berbagai daerah dan bermacam-

dengan membantu usaha orang tua di bidang alumunium dan besi. Sampai pada akhirnya

macam karakteristik. Suka dan duka saya jalani bersama – sama dengan teman teman

Alumni Magz IIK Bhakti Wiyata | Agt - Okt 2013


Alumni |

satu angkatan. Kuliah dari hari senin – sabtu dari pagi – sore , praktikum yang melelahkan dan harus membuat laporan dikumpulkan setiap hari. Ketika menempuh kuliah saya harus pulang pergi Tulungagung Kediri setiap hari karena saya harus membantu orang tua berkerja. Untuk menyelesaikan studi DIII farmasi saya dan teman –teman harus praktek kerja lapangan (PKL) di Rumah Sakit Kusta Kediri, Apotek Kimia Farma Kediri dan PKL yang tidak terlupakan di BPTO Tawangmangu. Kami sangat bersyukur ketika harus PKL di berbagi instansi karena banyak ilmu tambahan yang kami dapatkan selain dari dari bangku kuliah sehingga dapat membekali

26

melayani konsultasi kepada pasien. Saya memberikan pelayanan di apotek jam 08.00 – 21.00 WIB. Saya mengucapkan terima kasih kepada iik yang sudah membimbing saya sampai akhirnya saya dapat berkerja dan menjadi wiraswasta yang sukses. Semoga iik semakin dikenal di seluruh tanah air Indonesia dan alumni yang dihasilkan dapat berprestasi di dunia kerja serta tersebar di seluruh Indonesia.

kami ketika harus terjun di dunia kerja. Sampai akhirnya saya harus menyelesaikan penelitian tugas akhir sebagai persyaratan kelulusan di program studi DIII Farmasi. Dengan perjuangan tidak sia – sia saya menjadi wiraswasta di bidang farmasi. Saya dapat mengaplikasikan ilmu saya dengan bekerja di apotek Wahyu Agung Jl. Adi Sucipto no 36 Tulungagung. Saya berusaha memberikan pelayanan yang lengkap dan harga yang terjangkau untuk masyarakat. Saya juga ,menyediakan pemeriksaan cek gula darah, asam urat dan kolesterol di apotek serta saya Alumni Magz IIK Bhakti Wiyata | Agt - Okt 2013


27

| Serba - Serbi

KOTA INDAH

DI INDONESIA

AMBON Kota yang menjadi pusat pemerintahan Provinsi Maluku ini memang salah satu kota yang paling indah di timur jauh Indonesia. Amon Manise! Kota yang terletak di tepai garis pantai teluk Ambon ini menawarkan pemandangan laut yang indah dan perbukitan yang menakjubkan.

MATARAM Kota ini memang indah,terletak di Pulau Lombok yang terkenal akan pemandangan alam dan lautnya. Bahkan saat ini Lombok adalah pulau yang akan menyaingi Bali dari segi kunjungan wisatawan asing. Senggigi beach adalah pantai yang kudu di kunjungi di Mataram.

MAKASAR Pantai Losari mejadi icon kota yang terletak di selat ujung pandang ini. Kota yang memiliki pertumbuhan signifikan di Indoensia bagian tengah ini memang pantas disebut sebagai salah satu kota paling indah di Indonesia. Ditambah dengan sarana international airport yang mewah kota ini menjadi pusat tjuan wisata yang Oke. Alumni Magz IIK Bhakti Wiyata | Agt - Okt 2013


Serba - Serbi | 28

JAKARTA

PADANG

Ibu kota Republik Indonesia ini merupakan salah satu kota paling padat di dunia dengan jumlah penduduk diperkirakan mencapai 11 juta lebih.. Kabar bahagianya Kota metropolitan yang konon katanya sebagai salah satu kota paling kotor di ASIA...saat ini jauh menanjak menjadi Kota Terbersih ke-3 di Asia...hebat bukan? Kota ini memiliki pemandangan pencakar langit yang menakjubkan,,selain kepulauan seribu yang cantik...pemandangan metropolitan merupakan kelebihan Jakarta yang tidak dimiliki kota lainnya di Indonesia.

Kota yang terkenal dengan legenda Batu Si Malin Kundang ini merupakan Ibokota Prov Sumatera Barat ini memiliki Pantai yang Indah. Bahkan Pulau Sikuai yang secara administratif adalah bagian dari Kota Padang di sebut sebagai Pulau Terindah di Indonesia mengalahakan indahnya pulau Bali. Hal ini dikarenakan Pulau yang masih virgin bersih dan dikcitarasanya. selain itu di Kota Padang anda juga bisa menikmasti wisata kota tua. padang memang Indah.

DENPASAR Kota yang terletak yang konon katanya sebagai pulau surga dunia ini memiliki kekayaan kultur yang unik, dengan masyarakat yang ramah dan tentunya pemandangan alamnya yang menakjubkan.

MANADO Kota yang pemandangan lautnya menakjubkan ini semakin tumbuh pesat. Keindahan alam bawah laut adalah keunggulan kota di Sulawesi Utara ini dengan taman laut Bunaken kota ini semakin menjadi menarik untuk di kunjungi. Posisi Kota Tomohon yang berdekatan membuat Menado semakin menarik lagi, karena Tomohon saat ini mendeklarasikan sebagai Kota Bunga.

JOGJAKARTA Kultur Budaya yang unik,seni dan adat yang terjaga dan pusat pernak pernik kerajinan tangan yang dicintai para turis ada di Kota ini. Kota Pelajar yang semakin menurun drastis dalam hal moralitas ini juga indah dari segi pemandangan alamnya. View parangtritis kemudian posisi yang relatif dekat dengan Prambanan dan Borobudur membuat kota ini ramai dikunjuni wisatawan.

BUKITTINGGI Kota Bukittinggi adalah Kota yang terkenal dengan slogan kota wisata juga memiliki kualitas pendidikan terbaik di pulau sumatra. Pemandangan alam yang menakjubkan diapit oleh dua gunung sebagai latar, dan jurang bernama ngarai Sianok yang konon merupakan ngarai terindah kedua setelah Grand Canyon di Colorado Amerika Serikat. Di Kota Bukittinggi kultur dan adat minang yang unik terjaga dengan baik. Dengan berjalan kaki, udara Bukittinggi yang dingin akan membuat anda betah untuk berlama lama di kota yang pernah menjadi Ibukota negara Indonesia pada PDRI ini. DI Bukittinggi terdapat istana Presiden Tri Arga, Perpustakaan terbesar di Indonesia dan tentunya Land Mark Jam Gadang yang sudah kesohor gingga ke mancanegara. Alumni Magz IIK Bhakti Wiyata | Agt - Okt 2013


29

| Serba - Serbi

7 FAKTA MENARIK SEPUTAR 17 AGUSTUS Tujuh belas Agustus merupakan hari besar kemerdekaan bangsa Indonesia. Pada tanggal tersebut, 64 tahun yang lalu merupakan hari paling bersejarah negeri ini karena di hari itulah merupakan awal dari kebangkitan rakyat Indonesia dalam melawan penjajahan sekaligus penanda awalnya revolusi. Namun, ada beberapa hal menarik seputar hari kemerdekaan negeri kita tercinta ini yang sayang jika belum Anda ketahui. Berikut 7 Fakta Menarik Seputar 17 Agustus 1945, yaitu :

1

Soekarno Sakit Saat Proklamirkan Kemerdekaan

Pada 17 Agustus 1945 pukul 08.00 (2 jam sblm pembacaan teks Proklamasi), ternyata Bung Karno masih tidur nyenyak di kamarnya, di Jalan Pegangsaan Timur 56, Cikini. Dia terkena gejala malaria tertiana. Suhu badannya tinggi dan sangat lelah setelah begadang bersama para sahabatnya menyusun konsep naskah proklamasi di rumah Laksamana Maeda. Saat itu, tepat di tengah-tengah bulan puasa Ramadhan. “Pating greges�, keluh Bung Karno setelah dibangunkan Dr. Soeharto, dokter kesayangannya. Kemudian darahnya dialiri chinineurethan intramusculair dan menenggak pil brom chinine. Lalu ia tidur lagi. Pukul 09.00, Bung Karno terbangun. Berpakaian rapi putih-putih dan menemui sahabatnya, Bung Hatta. Tepat pukul 10.00, keduanya memproklamasikan kemerdekaan Indonesia dari serambi rumah. “Demikianlah Saudara-saudara! Kita sekalian telah merdeka!�, ujar Bung Karno di hadapan segelintir patriot-patriot sejati. Mereka lalu menyanyikan lagu kebangsaan sambil mengibarkan bendera pusaka Merah Putih. Setelah upacara yang singkat itu, Bung Karno kembali ke kamar tidurnya; masih meriang. Tapi sebuah revolusi telah dimulai.

Alumni Magz IIK Bhakti Wiyata | Agt - Okt 2013

2

Upacara Proklamasi Kemerdekaan Dibuat Sangat Sederhana

Upacara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ternyata berlangsung tanpa protokol, tak ada korps musik, tak ada konduktor, dan tak ada pancaragam. Tiang bendera pun dibuat dari batang bambu secara kasar, serta ditanam hanya beberapa menit menjelang upacara. Tetapi itulah, kenyataan yang yang terjadi pada sebuah upacara sakral yang dinanti-nanti selama lebih dari 300 tahun!

3

Bendera Dari Seprai

Bendera Pusaka Sang Merah Putih adalah bendera resmi pertama bagi RI. Tetapi dari apakah bendera sakral itu dibuat? Warna putihnya dari kain sprei tempat tidur dan warna merahnya dari kain tukang soto!


Serba - Serbi | 30

4

Akbar Tanjung Jadi Menteri Pertama Orang Indonesia Asli

Setelah merdeka 43 tahun, Indonesia baru memiliki seorang menteri pertama yang benarbenar “orang Indonesia asli”. Karena semua menteri sebelumnya lahir sebelum 17 Agustus 1945. Itu berarti, mereka pernah menjadi warga Hindia Belanda dan atau pendudukan Jepang, sebab negara hukum Republik Indonesia memang belum ada saat itu. “Orang Indonesia asli” pertama yang menjadi menteri adalah Ir Akbar Tanjung (lahir di Sibolga, Sumatera Utara, 30 Agustus 1945), sebagai Menteri Negara Pemuda dan Olah Raga pada Kabinet Pembangunan (1988-1993).

5

Kalimantan Dipimpin 3 Kepala Negara

Menurut Proklamasi 17 Agustus 1945, Kalimantan adalah bagian integral wilayah hukum Indonesia. Kenyataannya, pulau tersebut paling unik di dunia. Di pulau tersebut, ada 3 kepala negara yang memerintah! Presiden Soeharto (memerintah 4 wilayah provinsi), PM Mahathir Mohamad (Sabah dan Serawak) serta Sultan Hassanal Bolkiah (Brunei).

6

Setting Revolusi di Indonesia Diangkat Ke Film

Ada lagi hubungan erat antara 17 Agustus dan Hollywood. Judul pidato 17 Agustus 1964, “Tahun Vivere Perilocoso” (Tahun yang Penuh Bahaya), telah dijadikan judul sebuah film - dalam bahasa Inggris; “The Year of Living Dangerously”. Film tersebut menceritakan pegalaman seorang wartawan Australia yg ditugaskan di Indonesia pada 1960-an, pada detik2 menjelang peristiwa berdarah th 1965. Pada 1984, film yang dibintangi Mel Gibson itu mendapat Oscar untuk kategori film asing!

7

Naskah Asli Proklamasi Ditemukan di Tempat Sampah

Naskah asli teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang ditulis tangan oleh Bung Karno dan didikte oleh Bung Hatta, ternyata tidak pernah dimiliki dan disimpan oleh Pemerintah! Anehnya, naskah historis tersebut justru disimpan dengan baik oleh wartawan BM Diah. Diah menemukan draft proklamasi itu di keranjang sampah di rumah Laksamana Maeda, 17 Agustus 1945 dini hari, setelah disalin dan diketik oleh Sajuti Melik.Pada 29 Mei 1992, Diah menyerahkan draft tersebut kepada Presiden Soeharto, setelah menyimpannya selama 46 tahun 9 bulan 19 hari. Alumni Magz IIK Bhakti Wiyata | Agt - Okt 2013


31

| Book Previews

REFERENSI BUKU KESEHATAN Buku Lengkap Kesehatan Harian

Mempunyai tubuh yang sehat, tentu dambaan setiap kita; saya, Anda, dan mereka. Bahkan, untuk memperoleh kesehatan ini, kita akan rela menghabiskan uang berjutajuta banyaknya. Namun, bagaimana dengan orang yang tidak memiliki uang sebanyak itu? Apakah dengan hanya pasrah menunggu takdir saja? Tentu tidak! Anda masih bisa sehat tanpa harus merogoh kocek banyak. Bagaimana caranya? Buku inilah jawabannya. Dengan pembahasan detail mengenai macammacam penyakit yang biasa menjangkiti manusia seharihar, penyebabnya, cara menanggulanginya, sampai dengan langkah-langkah pengobatannya, buku ini dapat Anda jadikan pedoman dalam menjaga kesehatan diri.

Cara Jitu Mengatasi Stress

Promosi Kesehatan: Teori dan Aplikasi

Secara sederhana stres adalah kondisi setiap individu yang mengalami ketidakseimbangan. Stres bukanlah sesuatu yang selalu buruk. Walaupun biasanya dibahas dalam konteks negatif, stres juga memiliki nilai positif. Stres merupakan sebuah peluang ketika hal ini menawarkan potensi hasil dan orang yang menghadapinya dapat menggunakannya dengan tujuan positif.

Pendidikan kesehatan yang dewasa ini lebih dikenal dengan promosi kesehatan adalah suatu pendekatan untuk meningkatkan kemauan dan kemampuan masyarakat untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan.

Buku Cara Jitu Mengatasi Stres ini dengan jelas memberikan informasi dan pengetahuan mengenai stres sehingga stres lebih terkendali dan lebih mudah dalam diatasi. Di dalam buku ini dikemukakan mengenai pengertian stres, penyebab-penyebabnya, bahaya stres, sampai pencegahan dan manajemen penanganan stres dengan cepat, tepat, dan tuntas.

Alumni Magz IIK Bhakti Wiyata | Agt - Okt 2013

Buku ini memuat tulisan para pakar di bidangnya yang mencakup berbagai teori konsep promosi kesehatan dan aspek-aspek yang terkait dengan promosi kesehatan. Secara garis besar buku ini terdiri dari 3 bagian, yaitu pertama teori dasar promosi dan perilaku kesehatan serta aspek sosio-budaya dalam kesehatan sebagai determinan kesehatan, kedua teori dan konsep penunjang promosi kesehatan, serta bagian terakhir tentang penerapan atau konsep aplikasi promosi kesehatan.


Book Previews |

THE DOCTORS: Resep Bugar Seumur Hidup

Ini buku kesehatan yang tidak biasa. Ditulis dengan gaya dokter bercampur dengan humor dan disajikan dalam bahasa awam, buku ini jauh dari membosankan. Anda akan membacanya dengan rileks, bahkan sesekali tersenyum seraya membenarkan berbagai solusi praktis atas berbagai masalah kesehatan yang biasa Anda temui. Hebatnya lagi, kebanyakan tips hanya memerlukan kurang dari 5 menit untuk menerapkannya.

Keperawatan Dasar

32

The Miracles of Fruits

Nursing Fundamentals Demystified menawarkan cara cepat dan menarik bagi Anda untuk memahami konsep dasar dan informasi yang akan menjadi batu penjuru untuk semua pendidikan keperawatan dan jenjang karier keperawatan. Buku ini membantu Anda menjelajahi segunung informasi yang dihadapi siswa keperawatan dan berfokus pada hal-hal penting—yang benar-benar Anda harus tahu untuk menjadi perawat yang berhasil. Anda juga belajar untuk menerapkan informasi tersebut dalam situasi klinis yang sebenarnya.

Miracles! Buah-buahan memiliki keajaiban untuk mencegah dan mengatasi penyakit degeneratif, seperti diabetes melitus, jantung koroner, hipertensi, stroke, penyakit kanker, jantung, hingga penyakit sendi. Kandungan antioksidan, vitamin, mineral, dan serat yang ada dalam buah mampu memberikan efek positif bagi setiap orang yang mengonsumsinya. Buku ini menyajikan keistimewaan 30 jenis buah dalam menangkal aneka penyakit disertai bukti ilmiahnya.

Sediaan & Dosis Obat: Panduan Penghitungan Dosis dan Dasar-dasar Pemberian Obat Panduan Penghitungan Dosis dan Dasar-dasar Pemberian Obat memberikan dasar-dasar keterampilan matematika dan mengajarkan penghitungan yang lebih kompleks yang sering ditemui pada praktek pelayanan kesehatan. Buku ini tidak sekedar mengajarkan dasar-dasar penghitungan saja, tetapi lebih jauh lagi membangun pemahaman mendasar dalam mengaplikasikan matematika untuk penghitungan dosis obat dalam setiap sediaan, serta penghitungan dosis dan pemberian dosis intravena. Pembahasan yang disajikan dalam buku ini dilengkapi dengan soal-soal latihan untuk tes awal, contoh-contoh soal pada beragam kasus, serta soal-soal latihan beserta dengan langkah-langkah penyelesaiannya Alumni Magz IIK Bhakti Wiyata | Agt - Okt 2013


33

| Serba - Serbi

Mohon Maaf Lahir Batin..

MAKNA KETUPAT LEBARAN

I

dul Fitri merupakan momentum suci nan agung, Umat Islam di seluruh penjuru tanah air tentunya memiliki cara tersendiri untuk menyambut datangnya hari kemenangan tersebut, begitupun masyarakat Jawa yang terbiasa melaksanakan Lebaran ketupat, yang kerap dianggap sebagai pelengkap hari kemenangan.

ketupat, yaitu jenis makanan yang dibuat dari beras yang dimasukkan ke dalam anyaman daun kelapa (janur) yang dibuat berbentuk kantong, kemudian dimasak.. Setelah masak, ketupat tersebut diantarkan ke kerabat terdekat dan kepada mereka yang lebih tua, sebagai simbol kebersamaan dan lambang kasih sayang.

Masyarakat Jawa umumnya mengenal dua kali pelaksanaan Lebaran, yaitu Idul Fitri dan Lebaran ketupat. Idul Fitri dilaksanakan tepat pada tanggal 1 Syawal, sedangkan Lebaran ketupat adalah satu minggu setelahnya (8 Syawal). Tradisi Lebaran ketupat diselenggarakan pada hari ke delapan bulan Syawal setelah menyelesaikan puasa Syawal selama 6 hari. Hal ini berdasarkan sunnah Nabi Muhammad SAW yang menganjurkan umat Islam untuk berpuasa sunnah 6 Hari di bulan Syawal.

Dalam tradisi masyarakat Jawa, terdapat aneka macam bentuk ketupat yang dimiliki tiap-tiap daerah yang juga memiliki arti dan maksud tersendiri. Sebut aja ketupat Bawang khas Madura, ketupat ini berbentuk persegi empat dan dianggap sebagai ketupat penyedap, sebagaimana bumbu masak berupa bawang. Juga ada Ketupat Glabed yang dipopulerkan oleh masyarakat Tegal, Kupat glabed adalah ketupat yang dimakan dengan kuah berwarna kuning kental. Sedangkan penamaan ketupat ini pun berasal dari ucapan orang Tegal yang mengekspresikan kekentalan kuah ketupat tersebut dengan istilah Glabedglabed-glabed!. Juga ada Ketupat Bebanci khas Betawi, Sesuai dengan namanya, ketupat bebanci adalah masakan dengan unsur utamanya adalah ketupat. Ketupat ini disantap dengan kuah santan berisi daging sapi dan diberi aneka bumbu seperti kemiri, bawang merah, bawang putih, cabai, dan rempah-rempah.

Dalam sejarahnya, Lebaran ketupat pertama kali diperkenalkan oleh Sunan Kalijaga, saat itu, beliau memperkenalkan dua istilah Bakda kepada masyarakat Jawa, Bakda Lebaran dan Bakda Kupat. Bakda Lebaran dipahami dengan prosesi pelaksanaan shalat Ied satu Syawal hingga tradisi saling kunjung dan memaafkan sesama muslim, sedangkan Bakda Kupat dimulai seminggu sesudah Lebaran. Pada hari itu, masyarakat muslim Jawa umumnya membuat Alumni Magz IIK Bhakti Wiyata | Agt - Okt 2013


Serba - Serbi |

34

FILOSOFI KETUPAT

P

enggunaan istilah ketupat dalam Lebaran ketupat tentu bukan tanpa filosofi yang mendasarinya, Kata “ketupat” atau “kupat” berasal dari istilah bahasa Jawa yaitu “ngaku lepat” (Mengakui Kesalahan) dan laku papat (empat tindakan). Prosesi ngaku lepat umumnya diimplementasikan dengan tradisi sungkeman, yaitu seorang anak bersimpuh dan memohon maaf di hadapan orangtuanya. Dengan begitu, kita diajak untuk memahami arti pentingnya menghormati orang tua, tidak angkuh dan tidak sombong kepada mereka serta senantiasa mengharap ridho dan bimbinganya. Ini merupakan sebuah bukti cinta dan kasih sayang seorang anak kepada orang tuanya begitupun orang tua kepada anaknya. Prosesi ngaku lepat pun tidak hanya berkutat pada tradisi sungkeman seorang anak kepada orang tua, lebih jauh lagi adalah memohon maaf kepada tetangga, kerabat dekat maupun jauh hingga masyarakat muslim lainya, dengan begitu umat Islam dituntun untuk mau mengakui kesalahan dan saling memaafkan dengan penuh keikhlasan yang disimbolkan dengan ketupat tersebut. Ketupat menjadi simbol “maaf” bagi masyarakat Jawa, yaitu ketika seseorang berkunjung ke rumah kerabatnya nantinya mereka akan disuguhkan ketupat dan diminta untuk memakannya, apabila ketupat tersebut dimakan secara otomatis pintu maaf telah dibuka dan segala salah dan khilaf antar keduanya terhapus.

Untuk istilah laku papat (empat tindakan), masyarakat Jawa mengartikanya dengan empat istilah, yaitu lebaran, luberan, leburan, dan laburan. Lebaran berarti akhir dan usai, yaitu menandakan telah berakhirnya waktu puasa Ramadhan dan siap menyongsong hari kemenangan. Sedangkan Luberan bermakna meluber atau melimpah, layaknya air yang tumpah dan meluber dari bak air. Pesan moral yang dihendak disampaikan dari luberan adalah budaya mau berbagi dan mengeluarkan sebagian harta yang lebih (luber) kepada fakir miskin, dengan begitu akan membahagiakan para fakir miskin dan diharapkan angka mengikis angka kemiskinan yang ada di negara kita. Adapun Leburan berarti habis dan melebur. Yaitu momen untuk saling melebur dosa dengan saling memaafkan satu sama lain, dengan kata lain dosa kita dengan sesama dimulai dari Nol kembali. Yang terakhir adalah Laburan yang berasal dari kata labur atau kapur. Kapur merupakan zat padat berwarna putih yang juga bisa menjernihkan zat cair, dari ini Laburan dipahami bahwa hati seorang muslim haruslah kembali jernih nan putih layaknya sebuah kapur. Karena itu merupakan simbol kejernihan dan kesucian hati yang sebenarnya. Demikian pesan moral yang hendak disampaikan Lebaran ketupat yang semuanya diyakini merupakan tuntunan yang luhur untuk bagaimana menajdi pribadi yang baik dan luhur di kemudian hari. Selamat Idul Fitri 1434 h! Alumni Magz IIK Bhakti Wiyata | Agt - Okt 2013


35

| Health

PIKUN DI USIA MUDA

Lupa ternyata tak hanya menyerang mereka yang berusia senja, tapi juga anak muda di bawah 30 tahun. Kok, bisa, ya? Diana terbiasa menulis segala sesuatu yang ingin dikerjakannya pada sebuah note, karena ia sadar ia punya kebiasaan lupa. Misalnya, lupa mengunci pintu rumah pada malam hari atau lupa meletakkan gelas yang baru saja diletakkannya. Mungkin kasus Diana bagi banyak orang merupakan hal biasa, Tapi, jika hal ini terjadi sering sekali dan sampai membuat Anda juga orang-orang di sekitar Anda tidak nyaman, Anda harus mewaspadai dan segera mengobatinya. Apalagi usia Diana terbilang masih muda, 29 tahun. Menurut penelitian, kehilangan memori kecil ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Di antaranya adalah:

DEPRESI Depresi sering menyebabkan keputusasaan dan kurangnya minat pada hal-hal sekitar. Kadang orang-orang seperti ini sering berada pada dunia dan pikirannya sendiri. Mereka juga kerap memikirkan kenangan masa lalu dan terlalu khawatir dengan masa depannya.

TIROID Gangguan tiroid, seperti hipotiroidisme dan hipertiroidisme, telah diketahui memengaruhi (kebingungan) mental dan ketidakmampuan mengingat hal-hal untuk waktu yang lama. Solusinya, lakukan pengobatan untuk untuk mengÂŹobati masalah tiroid Anda.

DIET Salah satu yang menyebabkan Anda kehilangan memori bisa jadi karena diet yang buruk. Diet yang tidak tepat bisa membuat tubuh kekurangan vitamin esensial dan gizi. Karenanya ubahlah pola diet Anda menjadi diet yang seimbang.

Alumni Magz IIK Bhakti Wiyata | Agt - Okt 2013

ALKOHOL & NARKOBA Alkohol dan narkoba merupakan salah satu faktor yang bisa menyebabkan kelupaan. Ketika seseorang benar-benar mabuk, dia tidak akan pernah ingat apa yang diceritakan atau dijelaskannya. Serupa dengan itu, kasus kecanduan narkoba juga bisa membuat sel-sel otak kehilangan kontrol seperti ketika mereka mengonsumsi alkohol berlebihan. Solusinya, kurangi juga penggunaan obat-obatan yang dikonsumsi setiap hari karena bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Konsultasikanlah masalah kemungkinan ketidakseimbangan ini pada dokter Anda (yang memberikan obat).


Health |

36

KURANG TIDUR Kurang tidur juga dapat menyebabkan lupa. Namun biasanya yang memicu kurang tidur ini adalah stres. Ketika Anda stres, pikiran biasanya lebih fokus pada masalah dan itulah yang membuat Anda kehilangan nafsu untuk tidur. Jika memang Anda kurang tidur di malam hari, usahakanlah membalasnya dengan tidur siang. Tidur siang juga baik untuk menyegarkan pikiran Anda.

TRAUMA FISIK / EMOSIONAL

OVERLOAD Sebuah penelitian klinis di Glasgow menyatakan, orang menjadi lebih pelupa dikarenakan gaya hidupnya yang sibuk dan kelebihan informasi (dari telepon seluler, televisi, radio, dan internet). Dalam kedokteran, kondisi ini diidentifikasi sebagai kerusakan kognitif subyektif (Subjective Cognitive Impairment/SCI). Biasanya pengobatan yang dilakukan sama seperti mengobati penyakit Alzheimer. Namun dibedakan dalam dosis yang dipakai, biasanya sangat rendah.

STRES Ketika stres, tubuh mengalami hal di luar kewajaran. Stres juga menandakan kemungkinan otak bekerja terlalu keras sehingga dapat memperlambat proses encoding, meÂŹnyimpan dan mengingat informasi dalam otak. Jika masalahnya dikarenakan ini, hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan kebiasaan lupa itu adalah dengan menghilangkan stres terlebih dahulu. Caranya, sebisa mungkin selesaikan masalah Anda, tidur cukup, dan pergilah refreshing dengan berjalan-jalan atau olahraga.

Trauma fisik bisa terjadi karena cedera kepala, dari kecelakaan mobil atau sejenisnya. Trauma tersebut dapat mempengaruhi otak yang merupakan pusat memori, kecerdasan emosi, dan lain-lain sehingga Anda kehilangan memori secara tiba-tiba. Tingkat keparahan kondisi tergantung pada tingkat kerusakan yang disebabkan kecelakaan. Dalam beberapa kasus, orang bisa saja menderita amnesia permanen. Trauma emosional, seperti pelecehan seksual atau kematian seorang teman dekat juga bisa memengaruhi otak dan berefek pada kelupaan. Pada kasus ini, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan psikolog atau terapis.

ALZHEIMER Jika salah satu penyebab lupa Anda adalah akibat kondisi medis yang serius, maka itu bisa jadi dikarenakan Alzheimer. Penyakit ini bisa menyebabkan hilangnya memori, bahasa, dan kemampuan kognitif Anda, juga memengaruhi kesehatan mental yang bisa mengarah pada masalah demensia dan akhirnya meninggal.

PENYEBAB LAINNYA Mudah lupa juga bisa disebabkan oleh gangguan suplai oksigen ke otak, tumor otak yang mungkin telah berkembang di daerah bahwa memori kontrol, peradangan otak, epilepsi, multiple sclerosis, penyakit parkinson, dan meningitis.

Alumni Magz IIK Bhakti Wiyata | Agt - Okt 2013


37

| Wise Story

RAHASIA KEBAHAGIAAN S

eorang pemilik toko menyuruh anaknya untuk belajar tentang rahasia kebahagiaan dari orang paling bijaksana di seluruh negeri. Anak itu melintasi padang pasir selama 40 hari, dan akhirnya tiba di sebuah kastil yang indah, tinggi di puncak gunung. Di sanalah orang bijak itu tinggal. Alih-alih mencari orang bijak tersebut, Si Anak malah melihat kesibukan yang sangat di dalam kastil tersebut: pedagang datang dan pergi, orangorang bercakap-cakap di sudut-sudut, orkestra kecil sedang memainkan musik lembut, dan ada meja ditutupi dengan piring-piring makanan paling lezat di seluruh dunia. Si orang bijak berbicara dengan setiap orang, dan anak muda itu harus menunggu selama dua jam sebelum tiba gilirannya untuk dapat bertemu dengannya. Orang bijak mendengarkan dengan seksama penjelasan anak itu mengapa ia datang, tetapi orang bijak tersebut mengatakan bahwa ia tidak punya waktu saat itu untuk menjelaskan rahasia kebahagiaan. Dia menyarankan agar anak itu melihat-lihat istana dan kembali dalam dua jam. “Sementara itu, saya ingin meminta Anda untuk melakukan sesuatu”, kata orang bijak, sambil menyerahkan anak itu sebuah sendok teh berisi dua tetes minyak. “Saat Anda berjalan-jalan bawa sendok ini bersama Anda tanpa membiarkan minyaknya tumpah”. Anak itu mulai mendaki dan menuruni banyak anak tangga dalam istana, sambil matanya tertuju pada sendok. Setelah dua jam, ia kembali ke ruang di mana orang bijak itu. “Nah”, kata si orang bijak, “Apakah Anda melihat permadani Persia yang tergantung di ruang makanku? Apakah Anda melihat taman yang

Alumni Magz IIK Bhakti Wiyata | Agt - Okt 2013


Wise Story |

38

butuh tukang kebun induk sepuluh tahun untuk menciptakan? Apakah Anda melihat perkamen indah dan koleksi di perpustakaan? “ Anak itu merasa malu, dan mengaku bahwa ia tidak sempat melihat apapun. Satu-satunya kekhawatirannya adalah menumpahkan minyak yang telah dipercayakan kepadanya. “Kembali dan ulangi lagi, amati dan nikmati lingkungan dan keindahan rumah ini”, kata orang bijak. “Anda tidak bisa mempercayai seseorang, kalau tidak mengenal rumahnya”. Merasa lega, anak itu mengambil sendok dan kembali menjelajahi istana, kali ini dia mengamati semua karya seni di langitlangit dan dinding. Dia melihat kebun, pegunungan di sekelilingnya, keindahan bunga-bunga, dan rasa dengan yang semuanya telah dipilih. Setelah kembali ke orang bijak, ia terkait dalam segala detil yang telah dilihatnya. “Tapi di mana tetes minyak saya dipercayakan kepada Anda?” tanya si orang bijak. Melihat ke bawah di sendok di tangannya, anak itu melihat bahwa minyak telah hilang. “Nah, hanya ada satu nasihat yang bisa kuberikan Anda”, kata orang paling bijak. “Rahasia kebahagiaan adalah dengan menikmati segala hal menakjubkan di dunia dan tidak pernah melupakan tetes-tetes minyak di sendok”. Alumni Magz IIK Bhakti Wiyata | Agt - Okt 2013


39

| Fresh & New

HAND ROLLING

VACUUM BAG Anda sering kesulitan untuk menata rapi barangbarang Anda seperti baju, bed cover dll? Sekarang uda ngga susah lagi Hand Rolling Vacuum Bag solusinya! Hand Rolling Vacuum Bag berguna untuk simplifikasi penyimpanan barang, bisa untuk dibawa ketika kita traveling ataupun untuk penyimpanan barang di rumah. Anda bisa menghemat space Anda sampai 70% lho! Plastik vacuum yang berfungsi meminimalisir udara dalam plastik. Caranya cukup mudah, masukkan barang ke dalam plastik, tutup klip nya, gulung - gulung perlahan, dan tidak perlu menggunakan alat vacuum lagi.. Otomatis udara dalam plastik akan terpompa keluar, Hand Rolling Vacuum Bag ini cocok untuk menyimpan berbagai macam barang seperti pakaian, handuk, selimut, quilt, sprei, dokumen, album foto, Keping Cakram, dan juga perhiasan. Selamat mencoba!

Alumni Magz IIK Bhakti Wiyata | Agt - Okt 2013


PENDIDIKAN BHAKTI WIYATA Kediri 1985

SMK Farmasi

SMK Analis Kesehatan

SMK Pengatur Rawat Gigi

SMK Keperawatan Jl. KH. Wahid Hasyim 65 Kediri 64114 Jawa Timur, Indonesia tlp. (0354) 773299 / 774040 | www.iik.ac.id


developing Health expert

For Our

Future

generation

Jl. KH. Wahid Hasyim 65 Kediri 64114 Jawa Timur, Indonesia tlp. (0354) 773299 / 774040

Pendidikan Bhakti Wiyata Kediri 1985

www.iik.ac.id


iik Alumni Magazine (ed. 3)