Issuu on Google+

Edisi Perdana Bonus: Stylist (X) S.M.L Vest

Rp 25.000 No.1-April 2011 Majalah Wanita Bulanan

MENGUAK KEMBALI MAKNA BHINNEKA TUNGGAL IKA MENGGALI EKSOTISME TENUN INDONESIA

Untuk Perempuan Indonesia • 20 Perempuan Indonesia Berbicara dan Bersinar • Kahfiati Kahdar, perempuan di balik tekstil Indonesia • Maximize Your Life


Sold exclusively in Louis Vuitton stores and on louisvuitton.com. Tel. 6221 310 7581


LOUIS VUITTON


KONTEN 32

MODE MENGUAK EKSOTISME TENUN INDONESIA.

44

SOSOK Dinda Nawangwulan Beauty and Cares: Lepas dari penyakit mematikan, Dinda kian menunjukkan kepeduliannya terhadap kanker payudara lewat makeup. Baginya, setiap orang itu cantik.

16

INFO

Selamatkan pusat sastra Indone sia hingga Persiapan Menjelang Pernikahan Agung Calon Raja Ing gris serta info lainnya ada di sini.

22

CERDAS

36

Memaknai Kembali Bhinneka Tunggal Ika: Beragam tindak yang tidak lagi memedulikan keamanan serta menyudutkan suatu agama atau etnis tertentu semakin marak terjadi di Indonesia. Apakah ini berarti rasa ke-Bhinneka-an sudah mulai terkikis?

WAJAH Kafhiati Kahdar: Perempuan di balik keindahan tekstil Indonesia. Fifi bercerita mengenai kecintaannya terhadap kain serta aktivitasnya meningkatkan tekstil Indonesia.

6 DIAN

38

GAYA

Inspirasi berpakaian tidak hanya datang dari film-film Hollywood. Gaya fashion film lokal pun tak kalah serunya untuk ditiru.

41

BUGAR

Memiliki keturunan memang tujuan utama setiap pasangan. Ada beberapa hal mengenai fertilitas yang harus Anda ketahui, tidak terlepas bagi para lajang sekalipun.

48

PANDUAN

52

Tidak ingin kan makeup justru membuat Anda terlihat lebih tua? Simak panduan dari DIAN agar terhindar dari disaster akibat makeup. ASMARA Pertanyaan “Kapan Menikah” memang ibarat bom waktu yang

Tenun, sebagai salah satu kekayaan asli Indonesia, patut untuk dilestarikan dan didukung sebagai salah satu industri kreatif.

siap meledak kapan saja, dan yang namanya bom selalu tidak meny enangkan. Simak beberapa tips agar Anda bisa menyikapi hal ini dengan santai.

56

SEKS

Start Your Day With a Bang. Mengawali pagi hari dengan ak tivitas yang menyenangkan terbukti mampu menjaga mood bagus selama sehari penuh. Terlebih, jika pagi hari Anda diisi dengan sesi berdua dengan pasangan.

58

KENCAN

Ada banyak pria single and avail able disekitar Anda. Dibutuhkan kepekaan untuk mengetahui keberadaan mereka. DIAN hadirkan empat pria single dan available yang bisa Anda ajak kenalan.

60

CURHAT PRIA

Cari tahu rahasia terdalam pria dari sudut pandang pria. Farhan, seorang presenter tersohor berbagi kepada Anda lewat “Pria Idaman” menurut seorang pria.


62

KONTEN OPINI

Terkadang, orang rela mengikis idealismenya demi memenuhi tuntutan realita kehidupan berna ma kenyamanan dan kemapanan. Benarkah itu? Simak pendapat beberapa teman DIAN berikut.

63

KARIER

Globalisasi juga berdampak pada karier Anda. Sudah siapkah Anda menyongsong tantangan baru dengan meniti karier di luar neg eri? Simak karakteristik yang diperlukan di masing-masing negara sebelum Anda menyiapkan curiculum vitae.

66

DOMPET

Siapapun membutuhkan perenca naan keuangan, termasuk Anda, single ladies, agar tidak terjadi “besar pasak daripada tiang.� Simak tips Financial Planning yang tepat ala DIAN.

69

PSIKO

Beruntunglah para wanita yang hidup di zaman sekarang karena bisa melakukan apa saja tanpa

batasan. Oleh karena itu, sudah siapkah Anda mengembangkan semua potensi yang Anda miliki?

self publishing online bernama nulisbuku.com.

78

LIBURAN Penasaran bagaimana serunya liburan ala backpacker? Sebelum Anda melakukannya, ada baiknya Anda menyimak tips berikut agar liburan Anda tidak berubah men jadi bencana.

90

RUANG

DIAN memberikan dua pilihan cafe yang bisa Anda datangi ber sama keluarga, sahabat, pasangan, atau mungkin rekan kerja. Pilihan menu dan konsep desain yang menarik menjadi nilai tambah kedua cafe ini.

80

RESENSI

92

REPORTASE

Apa saja acara seru yang terjadi sebulan terakhir? Anda yang tidak sempat menghadirinya tidak usah khawatir, karena DIAN melaporkan nya untuk Anda.

98

BIDIK

Bukan saatnya lagi bingung me mutuskan cara menghabiskan akhir pekan. Berkat referensi film, musik, dan buku pilihan DIAN, dijamin akhir pekan Anda tidak akan mem bosankan.

88

INOVASI

Inovasi selalu terjadi. Simak ba gaimana Ollie memberikan peluang kepada setiap orang untuk menerbitkan buku sendiri melalui inovasinya menciptakan

Indahnya pemandangan sore hari di pelabuhan tua Sunda Kelapa Jakarta hadir dalam bidikan lensa kamera.

26

DUNIA PEREMPUAN 20 PEREMPUAN INDONESIA BICARA DAN BERSINAR DIAN menghadirkan 20 perempuan Indonesia yang berani bicara dan bersinar di bidangnya masing-masing.

74

DESTINASI RAYAN PULAU KELAPA

Pulau cantik di sebelah barat Lampung ini belum terlalu dikenal. Namun, kekayaan alamnya sangat sayang jika dilewatkan. DIAN mengunjungi dan menceritakannya untuk Anda.

DIAN 7


redaksi

PEMBINA TEGUH POERADISASTRA

KONTRIBUTOR

Pemimpin Redaksi Ifnur Hikmah Redaktur Pelaksana Fitria Rahmadianti Editor Hanna Veronica, Lescha Mayseeta C Editor Bahasa Asri Nur Aini Reporter Marissa Anugrah, Gusti Ayu Made Maharani Redaktur Artistik Pijar Suciati Desain Kalista Cendani

MAYA SAFIRA

Fotografer Betania Gian Sekretaris Redaksi Hesty Apriani

PT Media Publishing

Direktur Utama: Nino sujudi Direktur Editorial: Ira Ratna Juwita Manajer Keuangan: Rini Puspitasari Iklan dan Promosi: Marsiska, Dhistira Dian Sirkulasi dan Distribusi: anggrita dc PT MEDIA PUBLISHING JL. Panglima Polim Raya No. 21 Kebayoran baru, Jakarta - Selatan 12160; Indonesia. Phone : +62.21.72787008 (Hunting) Fax : +.62.21.7202820 Website: www.majalahdian.com Email: editorial@majalahdian.com (editorial) iklan@majalahdian.com (iklan) promosi@majalahdian.com (promosi) berlangganan@majalahdian.com (info berlangganan)

8 DIAN

ADITYA YUDIS


dari redaksi

PEREMPUAN INDONESIA BICARA DAN BERSINAR

A

nda semua tentu masih ingat kisah RA Kartini. Beliau adalah pribadi yang memiliki pemikiran terbuka dan kritis. Namun, lingkungannya tidak memungkinkan dia untuk berbicara. Akhirnya, beliau mengungkapkan segala keluh kesahnya ke dalam tulisan. Puluhan tahun kemudian, negara mengangkatnya sebagai tokoh emansipasi wanita, yang tak gentar memperjuangkan persamaan hak antara pria dan wanita. Sekarang, perempuan Indonesia bisa berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah dengan pria. Tidak sedikit perempuan yang berhasil mencapai tampuk kekuasaan, sesuatu yang diidamkan oleh Kartini di masanya dulu. Sebagai seorang perempuan yang mandiri dan berpikiran terbuka, tentunya Anda membutuhkan bacaan yang mampu menemani dan memandu Anda untuk terus melangkah maju, membuat Anda dengan bangga berdiri sebagai seorang perempuan Indonesia berwawasan global. Untuk itulah DIAN hadir ke tengah Anda sekalian. DIAN, yang menyatakan dirinya dengan slogan ‘Dinamis, Aktif, Modern’ merupakan majalah perempuan modern yang tak hanya berbicara mengenai tren fashion dan kecantikan, tetapi juga bersuara dengan sajian penulisan jurnalistik yang provokatif tetapi inspirasional. DIAN hadir sebagai teman berbagi akan banyak hal, mulai dari kehidupan, kesehatan, karier, seks, relationship, psikologi dan minat personal seperti gaya hidup dan hobi. Di edisi perdana ini DIAN akan mengajak Anda menelusuri salah satu kekayaan warisan Indonesia, kain tenun. Anda akan terpukau dengan eksotisme kain yang sudah mendunia ini. DIAN juga akan mengajak Anda berkenalan dengan Kahfiati Kahdar, Dinda Nawangwulan, dan Ollie, tiga perempuan masa kini yang mampu berjaya di bidangnya masing-masing serta tentunya, menginspirasi orang lain. Kami juga telah memilih 20 Perempuan Indonesia Bicara dan Bersinar yang mewakili semangat DIAN dan dengan cerdas menyuarakan aspirasi serta kreativitas mereka melalui karya nyata yang inspiratif. Selain itu, Anda juga bisa menikmati ulasan solutif mengenai karier, kesehatan, seks, relationship, dan berbagai tips yang bisa Anda aplikasikan dalam aktivitas seharihari. Untuk Anda yang membutuhkan referensi berlibur, di sini DIAN memaparkan keindahan salah satu pulau di Indonesia yang masih luput dari perhatian, Pulau Kelapa, Lampung. Serangkaian artikel tersebut sengaja kami hadirkan untuk Anda, agar DIAN menjadi ruang bercerita, berbagi, dan menjadi sahabat baru perempuan Indonesia yang dinamis, aktif, dan berpikiran modern. Selamat menikmati!

IFNUR HIKMAH ifnur.hikmah@majalahdian.com

DIAN 9


sahabat dian

SURAT BULAN INI Halo DIAN. Saya termasuk salah satu orang yang beruntung karena berhasil mendapat edisi perkenalan majalah DIAN yang dicetak terbatas. Menurut saya, DIAN memberi warna baru di dunia penerbitan Indonesia. Saya sudah lama mencari majalah yang padat informasi dari segala aspek. Dan DIAN memilikinya. Artikel-artikel yang dihadirkan membuka wawasan. Tips yang disajikan juga bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, rasa Indonesia-nya begitu kental. Meski hanya edisi perkenalan, saya sudah jatuh cinta dengan majalah ini. Semoga DIAN mampu bersaing dengan majalah sejenis dan semakin berbobot. Saya tunggu edisi perdananya. Enya, Jakarta

Hai DIAN, Pertama-tama, selamat atas edisi perdananya. Saya penasaran akan satu hal. Di Indonesia banyak majalah perempuan dengan ciri khas maisng-masing, DI mana letak keunikan DIAN dibanding majalah lainnya? Yulia, Jakarta Hai Yulia, DIAN mengangkat isu sosial dari sudut pandang perempuan secara lebih mendalam. Untuk ulasan fashion dan beauty pun kami memberi informasi terkini dengan pembahasan yang komprehensif dan relevan dengan gaya hidup perempuan Indonesia masa kini.

Selamat atas terbitnya DIAN! Saya senang karena akhirnya ada majalah yang mengangkat isu perempuan secara lebih mendalam. Namun, saya ada pertanyaan. Sebenarnya, porsi konten seperti apa yang ingin ditampilkan? Informasi seputar isu sosial perempuan atau hanya fashion? Angela, Jakarta Halo Angela, DIAN hadir untuk menjadi ‘teman’ perempuan Indonesia yang berwawasan global. Selain mengangkat isu-isu sosial yang terjadi di seluruh dunia pada umumnya, dan Indonesia pada khususnya, sekaligus memberikan referensi fashion dan kecantikan yang terkini dan aktual. Dalam hal konten, kami berusaha menyajikan keduanya secara berimbang. Selamat menikmati!

Dear DIAN Congratulation on your 1st issue. I have faith that this is gonna be great year for all of us. I’m wishing you love, magic, dreams, and good madness!!! Dana Maulana (designer of Danjyo Hiyoji)

Anda memiliki unek-unek atau pertanyaan serta komentar seputar majalah DIAN? Segera layangkan surat Anda ke sahabatdian@majalahdian.com. Akan ada satu surat terpilih setiap bulannya yang akan mendapatkan bingkisan menarik dari DIAN dan Danjyo Hiyoji

12 DIAN


kalender

DIAN 15


info 1

3

2

Keterangan gambar: 1. Perpustakaan PDS HB Jassin. 2. Kumpulan foto-foto sastrawan Indonesia 3. PDS HB Jassin di Taman Ismail Marzuki.

SELAMATKAN PUSAT SASTRA

16 DIAN

rekaman suara, dan rekaman video. Di sini disimpan pula sejumlah surat pribadi para seniman dan sastrawan seperti N.H. Dini, Ajip Rosidi dan Iwan Simatupang. Bahkan di sini juga ada beberapa karya sastrawan luar negeri, seperti Singapura dan Malaysia. Meski terpencil, ternyata pengunjung PDS cukup banyak. Mereka datang dari kalangan peminat sastra, pelajar, dan mahasiswa. Setiap bulannya PDS didatangi rata-rata 30 rombongan dari dalam dan luar jakarta. Disini juga sering diadakan diskusi para penyair dan pengarang, pembacaan karya sastra dan peluncuran buku. Berita ancaman penutupan PDS ini mengundang reaksi keras dari mahasiswa, seniman, dan budayawan. Muncul pula Gerakan Koin Sastra yang kini sudah merambah ke berbagai kota. Pada laman duniaperpustakaan.com, Khrisna Pabichara menuliskan tujuan aksi penggalangan dana ini antara lain mengampanyekan PDS sebagai lokasi tujan wisata buku, mengajak masyarakat menjadi relawan yang membantu pengelolaan dan pendataan serta pengadaan program digitalisasi data. Gerakan penyelamatan PDS ini juga mengetuk hati para sastrawan masa kini. Tidak lama setelah beredarnya ancaman penutupan ini, terbitlah buku kumpulan cerpen bertajuk “Dari Datuk ke Sakura Emas”. Para penulis yang berkontribusi untuk proyek ini adalah Clara Ng, Andrei Aksana, Dewi ‘dee’ Lestari, Putu Fajar Arcana, A. Fuadi, Alberthiene Endah, Asma Nadia, Happy Salma, Icha Rahmanti, Indra Herlambang, Sitta Karina, Avianti Armand, Dewi Ria Utari, dan M. Aan Mansyur. Keseluruhan royalti dari hasil penjualan buku ini akan disumbangkan untuk pengelolaan PDS H.B. Jassin. Perpustakaan ini bisa tetap ada, bila makin banyak orang yang menjaganya. Dan dengan menggunakannya, berarti membantu kelestarian Pusat Dokumentasi Sastra H.B. Jassin, sebuah aset bangsa yang tak ada duanya di dunia.

Teks: Marissa Anugrah. Foto: Marissa, Istimewa

P

USAT DOKUMENTASI SASTRA (PDS) H.B. JASSIN terancam tutup. Kabarnya, alasan penutupan karena Pemda DKI Jakarta akan menghentikan subsidi biaya operasionalnya. Kabar ini mengejutkan banyak insan sastra di Indonesia. Tapi mungkin Anda justru bertanya, apakah PDS H.B. Jassin itu? Perpustakaan kecil di sudut terpencil Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat ini adalah rumah bagi ribuan karya sastra Indonesia yang awalnya dikumpulkan oleh Hans Bague Jassin (H.B. Jassin). Tokoh sastra kelahiran Gorontalo, 13 Juli 1917 ini berkiprah semenjak tahun 1940, saat ia bekerja di Balai Pustaka bersama Sutan Takdir Alisjahbana dan Armijn Pane. Pada tahun 1970, beliau mendirikan Yayasan Dokumentasi Sastra. Yayasan ini kemudian berganti nama menjadi PDS pada tanggal 28 Juni 1976, persisnya sejak pemerintahan DKI Jakarta memberikan subsidi secara reguler. Sebelum akhir hayatnya di tahun 2000, H.B. Jassin menjadi redaktur di berbagai majalah sastra-budaya. Ia juga tetap menjadi anggota dewan juri untuk berbagai lomba penulisan fiksi, seperti novel dan cerita pendek. Pada tahun 70-an, almarhum menjadi juri untuk Lomba Cerpen Femina dan Lomba Cerber Femina. Hingga hari ini, beliau dikenal dengan sebutan “Paus Sastra Indonesia. Tahun 1964, beliau dipecat dari Universitas Indonesia karena dianggap terlibat Manifes Kebudayaan yang ditentang Presiden Soekarno. Ia sempat menjadi pemimpin redaksi majalah Sastra, dan tahun 1968, ia dipenjara setelah memuat cerpen yang dianggap melecehkan suatu agama. H.B. Jassin memang terkenal sebagai pejuang kebebasan berkarya sastra. Hingga tahun 2006, tercatat ada 48.876 koleksi sastra yang tersimpan di PDS. Koleksi ini terdiri dari buku fiksi, nonfiksi, nasah drama, biografi, foto pengarang, kliping, makalah, skripsi, disertasi,


info

BERITA DUKA DARI JEPANG Gempa paling kuat, setidaknya dalam 100 tahun terakhir, menghantam Jepang dan menyebabkan tsunami dahsyat. Gelombang besar menyapu persawahan, menyeret rumah hingga jauh ke tengah kota, menghempaskan mobil dan perahu layaknya mainan. Sepekan setelah gempa berkekuatan 8,9 SR dan tsunami melanda Prefektur Miyagi, jepang, pada 11 Maret 2011, tercatat korban meninggal dunia 8.133 orang, 12.272 orang dinyatakan hilang, serta 362.877 jiwa mengungsi. Sebanyak 249.879 rumah tanpa aliran listrik dan 1 juta lebih rumah kekurangan air bersih. Total bangunan yang mengalami kerusakan adalah sebanyak 117.274 dan 14. 407 di antaranya rusak berat. Gempa dan tsunami yang melanda kawasan timur Jepang ini juga menyebabkan kerusakan pada Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima Daiichi. Radiasi nuklir akibat kebocoran pada reaktor telah mencapai level 5 dari skala 7. Akibat radiasi ini, penduduk dalam radius 20 km dari PLTN harus dievakuasi, semen-

tara yang berada dalam radius 3o km diminta untuk tetap berada di dalam rumah. Sebagian peternakan dalam radius 30 km juga sudah tercemar, terutama produksi susu, bayam, dan air keran di beberapa tempat. Hari-hari ini, Jepang masih terus melakukan penanggulangan akibat gempa dan tsunami, terutama radiasi akibat kerusakan pada reaktor nuklir fukushima.

RIP Elizabeth Taylor

Kasus Pembobolan Bank Terulang kembali

Aktris legendaris Elizabeth Taylor meninggal dunia pada usia 79 tahun. Bintang film terbesar di abad ke-20 itu meninggal dunia di Los Angeles karena penyakit yang telah lama dideritanya. Seperti dilansir BBC, Rabu (23/3/2011), peraih dua piala Oscar itu dirawat di rumah sakit sejak satu bulan lalu karena gagal jantung. Sebelumnya pada November 2004, Elizabeth pernah dirawat di rumah sakit karena penyakit yang sama. Aktris kelahiran 27 Februari 1932 itu juga pernah menjalani operasi jantung dua tahun lalu. Elizabeth memang memiliki riwayat penyakit yang cukup serius. Ia pernah menderita tumor otak jinak, kanker kulit, pneumonia, dan telah mengalami penggantian pinggul. Selama lima tahun terakhir, Elizabeth menggunakan kursi roda. Ia terakhir muncul di depan publik saat menghadiri pemakaman Michael Jackson. Berkat kemampuan aktingnya, Elizabeth sudah meraih berbagai macam penghargaan bergengsi. Namun gaya hidupnya saat di puncak ketenaran, membuat masa tuanya menderita. Aktris yang terakhir kali berakting di ‘Old Broads’ (2001) itu pernah menjalani rehabilitasi karena kecanduan alkohol. Selamat jalan salah satu ikon perfilman internasional. Karya-karyamu akan tetap dikenang abadi sepanjang masa.

Earth Hour 60+ Pada peringatan Earth Hour 26 Maret lalu, beberapa gedung perkantoran dan lima landmark Kota Jakarta (Bundaran Hotel Indonesia dan air mancurnya, Monas dan air mancurnya, Air Mancur Arjuna Wiwaha, Patung Pemuda dan Gedung Balai Kota, termasuk gedung pemerintahan terkait) gelap selama satu jam. “Earth hour menjadi momen

untuk mengingatkan masyarakat terhadap emisi karbondioksida yang dihasilkan pembangkit listrik berbahan bakar fosil, dan kontribusinya pada perubahan iklim,� ucar Dr. Efransjah, CEO WWF Indonesia, dalam konferensi pers yang berlangsung di Jakarta beberapa waktu lalu. Simbol plus dibelakang angka 60 merupakan panggilan komitmen bagi setiap individu untuk mencintai bumi melalui tindakan nyata, tak hanya di setiap tanggal 26 Maret.

Kali ini tersangka pelaku adalah karyawan sendiri. Pihak Mabes Polri berhasil mengungkap kasus pembobolan dana nasabah Citibank sebesar 17 M yang ternyata dilakukan oleh Melinda Dee (MD) pada hari jumat lalu berdasar laporan dari nasabah yang menjadi korbannya. Pihak kepolisian berhasil membekuk wanita ini dengan menyita beberapa barang bukti berupa dokumen-dokumen transaksi dan satu unit mobil merek Hummer-3 Luxury Sport Utility B 18 DIK yang ditaksir senilai Rp 3,4 miliar. Kepolisian menjerat Melinda Dee yang bernama asli Inong Melinda dalam kasus pembobolan dana nasabah Citibank ini dengan pasal 49 ayat 1 dan 2 UU no 7 tahun 1992 sebagaimana diubah dengan UU no 10 tahun 1998 tentang perbankan dan atau pasal 6 UU no 15 tahun 2002 sebagaimana diubah dengan UU no 25 tahun 2003 sebagaimana diubah dengan UU no 8 tahun 2010 tentang tindak pidana pencucian uang. Selain itu, Melinda Dee juga diduga dengan sengaja melakukan kejahatannya dengan cara mengaburkan transaksi dan pencatatan tidak benar terhadap beberapa slip transfer penarikan dana pada rekening nasabahnya dan dibantu tersangka D. Saat ini, Melinda tercatat menjabat Senior Relation Manager Citigold dan disinyalir menerima gaji Rp 60 juta per bulan dan tambahan Rp 250 juta per tiga bulan. Entah apa alasannya melakukan perbuatan itu jika melihat penghasilannya yang menakjubkan.

DIAN 17


info Menjelang Pernikahan Agung

W

edding of the Decade, itulah gambaran umum mengenai pernikahan calon raja Inggris, Pangeran William, 29 April mendatang. Perdana Menteri David Cameron menegaskan bahwa 29 April 2011 akan menjadi hari libur. Tanggal itu jatuh tepat pada hari Jumat, sehingga Inggris akan menikmati liburan sekitar 4 hari selama akhir pekan May Day, demikian seperti dilansir dari Reuters, Rabu (24/11/2010). “Pernikahan Kate dan William akan menjadi kesempatan yang berbahagia dan penting,” ujar Cameron. “Kami ingin menandai hari itu sebagai salah satu perayaan nasional, hari libur dan memastikan semua orang memiliki kesempatan untuk merayakannya,” lanjutnya. William dan Kate Middleton yang sama-sama berusia 28 tahun, bertunangan di Kenya, Oktober baru lalu, ketika mereka sedang berlibur. Mereka mulai berpacaran delapan tahun lalu ketika tinggal di rumah yang sama, semasa mereka masih kuliah di Universitas St Andrews, Skotlandia. Mereka sama-sama lulus tahun 2005, dan merayakan wisuda bersama keluarga mereka. Hubungan William dan Kate Middleton menjadi santapan publik ketika mereka dipotret saat berlibur di tempat wisata ski, Klosters, Swiss. Hubungan mereka sempat putus sebentar tahun 2007, tetapi belakangan ini Kate Middleton sering terlihat dalam acara resmi sehingga memperkuat spekulasi bahwa mereka pada akhirnya akan bertunangan. Kate Middleton adalah putri tertua seorang pengusaha bernama Michael Middleton, ibunya yang bernama Carol pernah bekerja sebagai pramugari

Wartawan senior Indonesia, Rosihan Anwar, meninggal dunia Kamis pagi jam 08.15 WIB di Rumah Sakit Metropolitan Media Center (MMC) Jakarta dalam usia 89 tahun. Pak Ros, demikian panggilan akrab Rosihan Anwar di kalangan pers, belum lama ini menjalani operasi bedah (by pass) jantung di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita Jakarta. Kabar meninggalnya wartawan tiga jaman ini disampaikan tokoh pers Ilham Bintang di Jakarta, Kamis

18 DIAN

Penipu Cantik Rasellya Rahman Taher alias Selly Yulistiawati kini harus merasakan dinginnya sel Kepolisian Kota Bogor, Jawa Barat. Ia diperkarakan dalam kasus penipuan dengan modus penjualan pulsa elektronik. Setelah sempat buron setahun -Selly ditetapkan dalam daftar pencarian orang (DPO) 4 Maret 2010 -- ia ditangkap di sebuah hotel di kawasan Seminyak, Bali pada Minggu 27 Maret 2011. Hingga saat ini belum ada laporan lagi mengenai hasil tindak penipuan Selly dari masyarakat. Baharrudin menghimbau agar masyarakat yang menjadi korban tidak ragu melapor. “Agar asas keadilan dapat ditegakkan.” Sebelumnya, Selly mengakui semua tindakannya dilakukan dengan modus bisnis penjualan pulsa elektronik. “Semua korban yang saya ajak bisnis fiktif adalah teman dekat. Mereka selalu saya ajak (senang-senang) usai saya dapat uang. Uang hasil kejahatan, tidak saya gunakan untuk diri sendiri,” kata Selly di Polres Bogor, Jawa Barat. Uang hasil kejahatannya itu dipakai untuk mentraktir teman, shopping dan karaoke. Teman yang menjadi korbannya pun ikut menikmatinya. Pengakuan Selly, dirinya menipu pertama kali pada 2009 saat masih bekerja sebagai karyawan Harian Kompas. “Dari kerja di Kompas, saya termotivasi untuk hidup senang,” katanya

Prince ALbert Goes Green Bukan Bentley ataupun Rolls Royce ternyata yang dipilih Pangeran Albert II dari Monako sebagai kendaraan pengantinnya saat melangsungkan pernikahan dengan Miss Charlese Wittstock. Sang Pangeran rupanya lebih menyukai Lexus LS600h sebagai kendaraan pengantin yang akan ia gunakan dalam pernikahannya 2 Juli 2011 mendatang. Sedan hybrid itu secara khusus akan dilengkapi dengan bendera kerajaan dan plat MC 01. Selama iring-iringan pengantin nanti, mobil tersebut akan berjalan dalam modus listrik murni. Selain ingin lebih sunyi, Pangeran Albert II ternyata memang selama ini konsisten dalam perhatian terhadap lingkungan. Sejak berdirinya The Prince Albert II of Monaco Foundation pada 2006 lalu, Pangeran Albert II kerap memperhatikan soal pelestarian lingkungan dan ekosistem. Meski mengusung mesin 5.0 liter berdaya 430 hp, Lexus LS600h tergolong sebagai mobil yang ramah lingkungan. Ini mengingat LS600h dilengkapi motor listrik yang membuat konsumsi BBM sedan mewah tersebut bisa setara dengan konsumsi BBM mobil ber-cc kecil.

Teks: Marissa Anugrah. Foto: Marissa, Istimewa

Selamat Jalan Wartawan Senior Indonesia


info Gedung Baru Untuk Para Wakil Rakyat

K

Be On YouTube, Then You’ll Be Famous Berita tentang tersebarnya video lipsync dan menari yang dilakukan oleh Anggota Satuan Brigade Satu, Norman Kamaru, asal Gorontalo, laris manis dipublikasikan di berbagai media. Dan, untuk di Yahoo! News sendiri, berita tentangnya meraup banyak klik. Berita di bawah judul “Goyang India Polisi Muda” tersebut, menjadi hangat dibicarakan di Yahoo! News. Tautan ini menuai 913 ribu klik dengan penguraian 49 ribu klik untuk diteruskan ke Facebook, 528 retweet di Twitter, dan 12.555 komentar. Setelah berita tentang videonya beredar, berita lanjutan tentang reaksi atasan Norman mengenai aksinya yang dikabarkan akan diganjar dengan hukuman karena dianggap tak etis karena menyanyi dalam jam kerja, lagi-lagi menuai perhatian banyak. Artikel dengan judul “Hukuman Untuk Briptu Norman Kamaru” mendapat 814 ribu klik, 9.120 klik untuk dibagi ke Facebook, 179 retweet, dan 2.998 komentar. Tak disangka, masalah lipsync dan bergoyang India ini memang menarik perhatian banyak orang. Kesan saat video ini pertama kali muncul adalah banyak orang yang menyukainya, karena menunjukkan sisi manusiawi seorang anggota instansi pemerintahan yang selama ini dianggap kaku atau nggak bersahabat. Nama pria ini pun menjadi banyak diketikkan di search engine Yahoo!. Kata kunci seperti “korps brimob”, “goyang India polisi muda”, hingga “polisi goyang India”, banyak dicari pada tanggal 3 dan 4 April 2011 lalu. Norman Kamaru bukan orang pertama yang mendadak melejit karena mucul di YouTube. Nama Shinta-Jojo, sepasang mahasiswi asal Garut, pernah sangat familiar disebut-sebut saat video dangdut lipsync mereka mendapat page view tinggi di bulan Juni 2010. Justin Bieber pun, penyanyi remaja menggemaskan dengan gaya rambut khas tersebut, pertama kali ditemukan Scooter Braun, manajernya sekarang, di YouTube pada tahun 2008. Dengan kata lain, YouTube is the first gate to be famous.

Lady Gaga in Tex Saverio Indonesia perlu berbangga hati. Salah satu busana hasil karya desainer muda Indonesia dikenakan oleh Lady Gaga dalam sebuah pemotretan majalah. Ia adalah Tex Saverio. Desainer kelahiran Jakarta tahun 1984 tersebut patut diacungi jempol. Hal ini dikarenakan gaun panjang berwarna hitam miliknya dipakai oleh penyanyi Lady Gaga dalam pemotretan majalah Harper’s Bazaar Amerika edisi Mei 2011. Dalam majalah tersebut, Lady Gaga terlihat mengenakan tujuh busana dari beberapa desainer ternama seperti Alexander McQueen, Thiery Mugler, Versace, Dior, Francesco Scognamiglio dan salah satunya Tex Saverio. Kabar menggembirakan ini telah dikonfirmasi sang desainer pada akun Twitternya @Texsaverio. “Its official Lady Gaga in Tex Saverio Harper’s Bazaar :D :D,” tulis desainer yang memiliki label busana bernama ‘Saverio’ ini. Sebelumnya, designer lulusan Bunka School of Fashion Jakarta 2004 ini juga mendapat tanggapan dari selebriti blogger, Perez Hilton. Sang blogger menyamakan gaun abu-abu penuh detail yang

ontroversi pembangunan gedung baru DPR memasuki babak baru, Kamis (7/4/2011), ketika Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta pembangunan gedung senilai hampir Rp 1,2 triliun itu ditunda dulu. Pada hari yang sama, rapat konsultasi pimpinan DPR dengan pimpinan fraksi, menurut Ketua DPR Marzuki Alie, memutuskan tetap melanjutkan pembangunan gedung baru meski menuai kecaman masyarakat serta tak disetujui oleh dua fraksi besar di DPR, yaitu Fraksi PAN dan Fraksi Gerindra. Gedung berlantai 36 dengan biaya hampir Rp 1,2 triliun membuat masyarakat mempertanyakan efektivitas rencana pembangunan itu. Marzuki Alie, seperti disebut Kompas.com, mengatakan, akan dicari harga terbaik dari nilai yang dianggarkan sebesar Rp 1,138 triliun. Pada saat pimpinan DPR bersikukuh melanjutkan pembangunan gedung baru DPR, banyak fasilitas layanan publik yang kurang layak pakai. Rencana pembangunan ini memang mendapat sorotan tajam mengingat masih banyaknya permasalahan lain yang harus disesuaikan, seperti peningkatan pelayanan kesehatan dan pendidikan di seluruh Indonesia.

Bayi Bernama Facebook Keberhasilan rakyat Mesir menggulingkan rezim pemerintahan presiden Hosni Mubarak yang telah berkuasa selama 30 tahun di Mesir, membawa kebahagiaan tersendiri bagi rakyat Mesir. Keberhasilan ini juga menginspirasi sepasang suami istri yang baru saja memiliki seorang bayi. Mereka menamakan putri pertama mereka Facebook Jamal Ibrahim. Ayah Facebook memiliki alasan khusus mengenai nama tersebut. Menurutnya, facebook turut berperan dalam revolusi 25 Januari lalu. Melalui Facebook-lah, informasi tentang prodemokrasi dan antipemerintahan Mubarak bisa tersebar ke lima juta pengguna facebook. Hmm, unik juga ya keluarga ini.

dipamerkan Rio, sapaan akrab Tex Saverio, dengan karya Alexander McQueen. “Dan kami pikir itu adalah sebuah pernyataan! Rancangan busana (diatas) ditampilkan oleh desainer yang berusia 26 tahun, Tex Saverio saat Jakarta Fashion Week 2010. Kami memikirkan McQueen saat melihat gaun ini. Menurut Anda?, “tulis Perez Hilton dalam blognya yang berjudul, Coco Perez. Nama Tex Saverio memang belum banyak dikenal, namun busananya dalam dunia fashion sudah menarik banyak perhatian para pemerhati mode. Berkat keahlian dan karyanya yang menakjubkan, Rio sempat tampil pada acara ‘Dewi Fashion Knight’ dalam rangkaian pagelaran Jakarta Fashion Week 2010 karena dianggap sebagai desainer yang mewakili semangat masa kini dan memiliki visi yang turut membentuk masa depan dunia mode Indonesia.

DIAN 19


cerdas

22 DIAN


cerdas

Menguak Kembali Makna Bhinneka Tunggal Ika Dalam semboyan negara ini telah tertulis bahwa meskipun berbeda-beda tetap satu jua. Namun, makna agung semboyan ini semakin mengikis dari hari ke hari. Kekerasan atas nama perbedaan yang marak terjadi mengusik kita. Sudah lunturkah rasa kebhinekaan itu? Oleh: Gusti Ayu MM

S

ulit membayangkan bahwa buku yang selama ini menjadi simbol ilmu, kini bertransformasi menjadi sebuah alat terror. Pertengahan Maret lalu, bom berbentuk buku dikirimkan kepada pendiri Jaringan Islam liberal (JIL), Ulil Abshar Abdala. Judulnya menyeramkan: Mereka Harus Dibunuh Karena Dosa-Dosa Mereka Terhdap islam dan Kaum Muslimin. Ulil kini memang lebih aktif sebagai pengurus sebuah partai politik, tapi diyakini bom itu sebagai ‘hadiah’ bagi Ulil atas kiprahnya mengusung keberagaman. Terror bom itu mungkin membuat Anda makin takut melihat tayangan televisi atau membaca berita koran. Karena, deretan panjang kekerasan yang dilakukan sekelompok orang terhadap kelompok masyarakat lain kian marak saja. Dari tragedi Cikeusik, Temanggung, GKI Yasmin, juga penyerangan sebuah pesantren di Bangil, Jawa Timur. Lalu, apa yang sesungguhnya terjadi?

Dipicu Kesenjangan Sosial Kekerasan demi kekerasan ini membuat Alissa Wahid, aktivis pluralitas yang juga psikolog keluarga merasa prihatin. “Saya resah banget. Dulu, saya pikir, kekerasan yang digunakan untuk kepentingan golongan tertentu hanya bersifat laten (ancaman yang tidak nyata), tapi sekarang sudah manifes, sudah terjadi. Saat ini, perbedaan bukan lagi sebuah rahmat, melainkan menjadi titik permusuhan,” tutur putri almarhum Gus Dur. Alissa, juga kita, wajar jika merasa resah. Apalagi, bom buku kemudian menyebar ke berbagai daerah. Padahal kita maish sulit melupakan tragedi Cikeusik yang merenggut nyawa tiga orang Jemaah Ahmadiyah Indonesia (JAI). Penyerbuan ke rumah tokoh Ahmadiyah itu seolah adalah tiitk puncak dari kekerasan terhadap pengikut aliran agama yang dinyatakan terlarang ini. Kebencian yang dulu diwujudkan dengan mengusir atau mebakar rumah ibadah, kini sudah sampai menghilangkan nyawa. Cikeusik belum lagi ‘dingin’, tiba-tiba Temanggung ‘terbakar’. Gara-gara tidak terima atas vonis pengadilan terhadap seorang terdakwa penista agama (yang sesungguhnya tidak hanya menista satu kelompok agama saja), sekelompok massa membakar rumah ibadah dan sekolah. Tak lama kemudian, pesantren YAPI di Bangil, jawa Timur, juga diserang. Mengapa orang-orang ini begitu mudahnya melakukan kekerasan? Menurut Guru Besar Filsafat STF Driyarkara, M. Sastrapratedja, sekarang tengah terjadi perubahan besar di berbagai bidang yang juga dipengaruhi oleh situasi global. Tak hanya perubahan di bidang sosial, budaya, politik, atau ekonomi. “Pengaruh ideologi, termasuk ideologi keagamaan yang militan juga menyebar cepat,“ paparnya. Dipicu oleh kesenjangan sosial ekonomi di tengah melajunya tingkat pertumbuhan ekonomi,, maka kekerasan semakin mudah meledak. Pengaruh global membuat identitas diri makin mencair. Identitas diri dengan fleksibel terus mencari

DIAN 23


cerdas WANITA KUNCI PERDAMAIAN Moderate Moslem Society juga menaruh perhatian pada peran wanita, antara lain dengan mendukung jejaring sosial lewat pengajian atau majelis taklim. “Kenapa wanita? Karena karisma wanita muncul begitu kuatnya ketika berbicara tentang perdamaian. Khalayak akan lebih mudah memahami,” kata Zuhairi Misrawi. “Kami juga membuat buku khutbah khusus dengan tema khas wanita. Isinya banyak tentang bagaimana cara membangun toleransi.” Sebagai psikolog keluarga, Alissa Wahid jelas memahami topik penting ini. “Ibu adalah sentral keluarga. Ibu tidak hanya mengelola atau mencari nafkah, tapi juga berperan besar dalam mendidik anak-anak, “ katanya. karena itu, sistem nilai yang dianut anak pada akhirnya akan lebih banyak dipengaruhi oleh ibunya. “Bayangkan saja, apa jadinya bila ibu mendidik anak-anaknya untuk membenci orang lain?” ungkap Alissa. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa wanita memiliki keunggulan kepribadian yang khas, yaitu dalam hal kemampuan mengasuh. Mengasuh anak, merawat suami, dan menjaga lingkungan. Namun, hal ini juga mengandung bahaya. “Memang, banyak wanita masa kini telah dapat mengimbangi emosi dengan rasionalitasnya. Namun, seringkali sisi emosi masih terlampau kuat. Nah, ketika emosi ini dipakai untuk misis negatif misalnya menaruh kebencian terhadap kelompok lain, wanita bisa melakukan apa saja, termasuk kekerasan yang bisa jadi jauh lebih sadistis ketimbang pria,” tutur Alissa.

penyesuaian, tak terkecuali identitas yang didasari agama. “Bagi mereka yang tidak siap menghadapi proses modernisasi, perbedaan menjadi sulit diterima dan dianggap sebagai ancaman sehingga harus dimusnahkan,” kata Sastrapratedja. Zuhairi Misrawi, aktivis Moderate Moslem Society (lembaga yang menanamkan nilai pluralitas di kalangan muslim) menilai, apa yang terjadi belakangan ini sebagai bagian dari proses resistensi terhadap modernisasi yang ujung-ujungnya adalah menolak apa yang ditawarkan oleh negara-negara Barat. “Cara yang paling baik untuk melawan barat, bagi para penganut ideologi militan ini adalah dengan kembali ke masa lalu, yaitu masa periode awal Islam, “jelas Zuhairi yang juga penulis buku Al-Quran, Kitab Toleransi. Sayangnya, menurut Zuhairi, yang dijadikan kiblat dan tempat berkaca adalah negaraTimur Tengah yang tidak mengakui pluralitas. Misalnya, larangan untuk mengucapkan selamat hari raya bagi agama lain. “Itu meniru Arab Saudi, yang di sana memang tidak ada nonmuslim. Hal ini tentu tidak pas bagi kondisi Indonesia yang majemuk,” tuturnya. Karena, bagaimanapun, sebuah fatwa tidak lepas dari tempat dan waktunya. Zuhairi mengingatkan, ada sejumlah negara Timur Tengah yang menerapkan keberagaman. “Mesir, misalnya. Kebinekaan di sana menjadi ideologi bersama. Di Mesir tidak diharamkan mengucapkan selamat Natal. Malah, ketika Natal, ulama Al Izhar datang bersilaturrahim ke gereja,” sambung pria lulusan Departemen Akidah-Filsafat, Universitas Al Izhar, Kairo .

Kebebasan yang Menakutkan Hasil survei terhadap 100 responden mengenai keberagaman ini bisa menjadi bahan renungan. Dalam tataran wacana, sebagian besar responden mengakui dan menerima perbedaan. Namun, begitu wacana itu sudah menjadi praktik, mereka ternyata masih enggan. Terkejut? Tapi, inilah gambaran umum keadaan bangsa kita saat ini. “Di masa lalu, perubahan sosial budaya di negara kita berlangsung lambat. Pancasila dipegang sebagai prinsip bernegara, meski muncul sejumlah pemberontakan seperti dari kalangan komunis, DI/TII, dan PRRI/ Permesta,” tutur Sastrapratedja. Namun, pancasila ampuh untuk menyelesaikan masalah dan pemberontakan yang terjadi. “Saat itu orang lebih dapat menerima perbedaan, karena di sekolah-sekolah diajarkan Pancasila dan Budi Pekerti,” sambungnya. Sementara kini, ketika kita telah beranjak menjadi masyarakat modern, terutama dalam hal ilmu dan teknologi, justru kita terperangkap dalam kondisi yang disebut ‘peradaban tanpa keadaban dan kemanusiaan’. “Misalnya, perlakuan yang diterima korban yang sudah tak berdaya pada tragedi Cikeusik beberapa waktu lalu. Jelas terlihat di situ, betapa kekeras-

24 DIAN

an begitu dinikmati. Ada kenikmatan yang sadistis,” terang Sastrapratedja. Ya, cinta pada kehidupan sayangnya telah berubah menjadi cinta pada kematian. Andaikata perbedaan dianggap sebagai hal yang tidak menyenangkan, lantas, apa atau siapa yang paling tidak bisa ditoleransi? Apakah agama orang lain, suku, orientasi seksual atau ideologi politik? “Bukan itu semua. Yang seringkali tidak mau ditoleransi adalah kebebasan yang dimiliki orang lain,” terang Sastrapratedja. “Yang penting diingat, yang namanya kekerasan tidak hanya merampas hak milik atau keamanan fisik orang lain, melainkan juga merampas hakikat manusia sebagai makhluk bebas,” sambungnya. Hal inilah yang terjadi ketika jamaah Ahmadiyah di Lombok diusir dari tempat tinggalnya, dan puncaknya, pembunuhan yang terjadi di Cikeusik.

Kami Tetap Optimis Sastrapratedja memaklumi sejumlah pendapat yang menyatakan bahwa pemerintah belum banyak berbuat untuk meredam kekerasan. “Sejauh ini, amanat UUD 1945 yang menekankan bahwa negara harus melindungi segenap warganya, belum dilakukan dengan seksama,” paparnya. Kekerasan yang terus dibiarkan, dengan sendirinya membuat kekuasaan yang seharusnya mutlak di tangan negara, diambil alih oleh kelompok tertentu. Zuhairi pun melihat hal yang sama. “Sebetulnya, kelompok militan disini tidak banyak. Hanya minoritas. Namun, karena negara membiarkan dan justru cenderung melindungi, karenanya kekerasan itu menjadijadi dan akhirnya menguasai masyarakat,” ungkapnya. Meski begitu, Zuhairi menyimpan harapan masa depan yang lebih damai, karena pada dasarnya masyarakat Indonesia menghargai pluralitas. Tak terkecuali orang muslim yang harus menanggung beban, akibat kekerasan yang marak terjadi ini. “Sejak dulu, orang muslim asli Indonesia, seperti NU dan Muhammadiyah, menerima kebinekaan dan toleransi,” tegasnya. Terbukti, Zuhairi mencontohkan, pemenang pemilu 1995 hingga 2004 adalah partai berbasis nasionalis, bukan yang berideologi agama. Sudah menjadi tugas kita sekarang ini untuk bersama menjaga perdamaian. “Sesuai namanya, Islam adalah agama yang membawa perdamaian. Ketika kita membaca Al Quran, yang pertama kali kita ucapkan adalah kalimat Bismillahirrahmaanir-rahiim, yang artinya ‘Tuhan yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang’. Kalau orang bertanya, apa sih Islam? Jawabannya, Islam adalah ajaran kasih,” kata Zuhairi. Dengan demikian, kekerasan bukanlah wajah Islam yang sesungguhnya. Alissa Wahid, yang kini rajin menyapa para Gusdurian (pengikut ide-ide almarhum Gus Dur), juga optimis. “Ketika pergi ke berbagai daerah dan bertemu berbagai kelompok masyarakat, saya sering menyampaikan perumpamaan boneka Rusia, matrioshka. Bila kita buka, didalam boneka


cerdas itu terdapat boneka serupa dengan ukuran lebih kecil dan lebih kecil lagi. Manusia pun harus seperti itu, punya banyak identitas. Mulai dari identitas yang paling sederhana sebagai ibu, sampai identitas terbesar sebagai warga Indonesia,” terang Alissa. Ironisnya, menurut Alissa, bagian terluar dari matrioshka sebagian orang sekarang ini bukan lagi Indonesia, melainkan kelompok. “Karena itu, saya setuju dengan Gus Mus (Mustofa Bisri) yang dalam khotbahnya acap kali berkata ‘Kita ini orang Indonesia yang kebetulan Islam. Nah, kalau Noordin M. Top (teroris) itu adalah orang islam yang kebetulan kemarin ada di Indonesia’,” ujar Alissa. Angin segar juga datang dari Pungkas Riandika, seorang penggiat Komunitas Cinta Indonesia. “Kita harus cinta kemajemukan Indonesia. Cinta yang kami galang ini bukan sekedar respon terhadap terorisme atau konflik Ahmadiyah, melainkan sudah muncul jauh sebelumnya. Hanya, maraknya kekerasan belakangan ini mendorong kami untuk makin aktif menyuarakan misi, tutur Pungkas, yang ketika erupsi Merapi lalu menggalang aksi sumbang pulsa bagi relawan. “Setiap tanggal 17 kami luncurkan #17an di twitter. Akun yang ikut sudah sangat beragam, datang dari berbagai komunitas yang ingin mewujudkan cinta pada Indonesia,” katanya. Meskipun antusiasme cinta Indonesia masih cukup tinggi, Sastrapratedja mengingatkan, cita-cita damai di masa depan hanya bisa terwujud bila setiap orang mau memenuhi beberapa syarat. Pertama, menyadari diri sebagai warga bangsa multikultural, dan mendorong pemerintah untuk melindungi setiap warga negara tanpa terkecuali dari segala bentuk kekerasan. Kedua, mengembangkan pola pikir bahwa setiap orang memiliki martabat yang sama dan bahwa dalam menjalani peradaban (civilization) haruslah disertai keadaban (civility). Ketiga, menanamkan keadaan melalui pendidikan budi pekerti dan pembentukan karakter: hormat terhadap perbedaan keyakinan, berperilaku manusiawi dan berpartisipasi menciptakan masyarakat yang demokratis. “Bila ketiganya dilakukan, akan tercapailah impian indah kita, yakni bangsa yang berkembang dalam keberagaman,” tegas Sastrapratedja. So, sudahkah Anda memiliki ketiga syarat diatas?

BENARKAH KITA TOLERAN? DIAN meminta pendapat 100 warga Jakarta mengenai keberagaman ini. Lalu, apa pendapat mereka?

Menjaga Keberagaman --------------------------------------NANCY WIDJAJA (PERHIMPUNAN INDONESIA TIONGHOA) “Bila sampai saat ini warga Tionghoa masih terkesan ekslusif, harus diakui ini ada kaitannya dengan sejarah diskriminasi selama Orde Baru. Kami dibatasi dalam banyak kehidupan bermasyaraat dan digiring untuk berbisnis saja. Ingin menjadi pegawai negeri, ditolak. Peluang kerja hanya sebatas pegawai negeri dan militer juga kecil. Bahkan, menjadi guru juga tidak diterima, kecuali di sekolah swasta dengan murid Tionghoa. Kini kondisi lebih terbuka. Banyak dari kami yang tetap fokus berbisnis. Saya pernah dikritik seorang teman, “Eh, kamu kok cuma menghitung uang saja. Coba lihat orang Batak, dari posisi paling bawah sampai pejabat penting, ada.” Alangkah klop dengan kenyataan yang ada. Jujur, ada sebagian orang Tionghoa yang terlanjur terbiasa tidak ambil pusing, karena sejarah Orde Baru tadi. Untuk itu, INTI mewadahi mereka yang ingin belajar berpolitik, meski kami bukan partai politik. Yang membanggakan, banyak orang Tionghoa yang mau tahu dan bersimpati dengan keadaan Indonesia. Bahkan, tak sedikit yang mau turun ke jalan untuk memperjuangkan penyelesaian kasus Munir, misalnya. Tapi, trauma mereka yang masih membekas membuat mereka belum berani mewujudkan kemauan itu.”

Selain fakta diatas, hasil survei juga menunjukkan bahwa mereka paling tidak ingin bertetangga dengan:

6% orang yang menganut aliran agama yang

14 % orang yang berideologi komunis

14% orang yang berbeda orientasi seksual

20% orang yang berbeda agama

46% tidak keberatan bertetangga dengan

dinyatakan terlarang.

(homoseksual, lesbian)

siapapun

DIAN 25


dunia perempuan

20 Perempuan

Bicara &Bersinar

Saat ini, bersuara adalah hak setiap orang, termasuk perempuan. Patutlah kita berterima kasih kepada Kartini dan gagasan emansipasinya. Perempuan berikut ini membuktikan bahwa untuk menjadi bersinar, bisa hanya dengan bersuara. Dan pita suara mereka adalah karya, kontribusi, dan prestasi. Oleh: Tim editorial DIAN

Saras Dewi

Dewi Gontha

28, Dosen dan penyanyi Ingin Dikenal Sebagai Seorang Guru

37, Direktur Pengelola PT. Java Festival Productions Membuka Panggung Untuk Lokal dan Internasional

Dibesarkan dalam keluarga guru membuatnya bercita-cita untuk menekuni pekerjaan mulia ini. Meskipun dalam perjalanannya dia merintis karier sebagai seorang penyanyi, cita-cita tersebut tak pernah pupus. Tidak tanggungtanggung, perempuan asli Bali ini mendalami dunia filsafat, sesuatu yang dianggap membingungkan bagi sebagian besar orang. Karier sebagai penyanyi pun ditinggalkan agar kuliah tidak terganggu. “Saya berkaca pada guru-guru saya, dan saya melihat pengabdian mereka di bidang pendidikan. Itulah alasan mengapa saya memutuskan stop di dunia hiburan,� tuturnya. Sekarang, Saras tercatat sebagai salah satu staf pengajar di Departemen Filsafat, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia dan tengah merampungkan program doktoralnya. Dunia menyanyi hanyalah hiburan di kala senggang.. Sekarang, dia merasa puas setelah cita-cita terbesarnya, menjadi seorang guru, tercapai.

Putri musisi Peter F. Gontha ini membuktikan dirinya sebagai pengarah salah satu event organizer terbaik di Indonesia. Kesuksesannya memasyarakatkan jazz dalam ajang Java Jazz yang telah hadir sejak tahun 2005, membuat Indonesia kian diakui dunia. Yang terpenting, ia memberi kesempatan pada musisi lokal untuk tampil sepanggung dengan musisi internasional. Kehadiran nama-nama legendaris serupa Babyface, Jason Mraz, Tony Braxton, dan yang baru saja terlaksana, Carlos Santana, menjadi daya tarik festival tersebut, dan juga menjadi bukti kepiawaian seorang Dewi. Bukan hanya Java Jazz, event berskala internasional lainnya, Soulnation Festival juga menjadi pembuktian Dewi bahwa dia bisa berhasil melalui kerja keras, bukan semata mendompleng nama besar sang ayah.

26 DIAN


dunia perempuan Ligwina hananto

Fitria Yusuf 28, Fashion Buyer Berbelanja Untuk Kebahagiaan

34, Perencana Keuangan Untuk Indonesia Yang Kuat

Buku The Little Pink Book of Fashion menjadi kesepakatannya bahwa belanja bukanlah sekedar aktivitas membuang uang atau hobi remeh temeh semata. Buku itu berisi informasi destinasi yang tepat untuk berbelanja dan juga memberi ‘catatan’ di balik nilai nominal atas produk yang layak dibeli. Di buku ini tertuang sudut pandang personal Fitria tentang pengalaman belanjanya. Namun tanpa disadari, Fitria telah memberi solusi untuk para penyuka belanja, yang kerap kebingungan mengenai apa dan ke mana mereka dapat menemukan kebahagiaannya.

Sehari-hari, dia memang berkecimpung dalam data statistik. Profesinya sebagai seorang perencana keua ngan membuat Wina -sapaan akrabnya- mengerti betul seluk beluk perekonomian Indonesia. Merasa prihatin atas keadaan perekonomian dan kondisi keuangan masyarakat menengah ke bawah membuat Wina mengeluarkan buku berjudul “Untuk Indonesia Yang Kuat: 100 Langkah Untuk Tidak Miskin”. Melalui buku ini WIna berbagi langkah-langkah yang bisa digunakan untuk mengatur keuangan. Harapannya tentu saja, sesuai dengan judul bukunya, yaitu menuju Indonesia yang lebih kuat.

Najwa Shihab 33, News Anchor and Producer Mewakili Keingintahuan Masyarakat Siapa yang tidak mengenalnya. Wajah cantik, lugas, dan pintar adalah citra yang melekat pada perempuan ini. Dunia berita dan pertelevisian telah melambungkan namanya, bukan hanya di Indonesia tetapi juga di mata internasional. Sudah tak terhitung lagi tokoh-tokoh ternama yang berhasil diwawancarainya. Baginya, membawakan berita atau talkshow sangat menantang karena ia harus memiliki pengetahuan mendalam tentang isu yang sedang dibicarakan. Sekarang, dia telah memiliki acara sendiri yang memakai namanya, Mata Najwa. Menjadi host di acara yang menggunakan nama sendiri merupakan pencapaian tertinggi seorang anchor, dan Najwa telah meraihnya.

Linda Hoemar Abidin 44, Dancer and Art Manager Menduniakan Seni Indonesia Dedikasinya terhadap dunia seni membuatnya mendirikan Yayasan Kelola demi mendorong pertumbuhan seni di Indonesia. Penari profesional ini juga berprofesi sebagai dosen di Program Studi Manajemen Seni Pertunjukan IKJ. Berbagai program pembelajaran, pendanaan, dan membuka akses bagi masyarakat seni digagasnya, agar seniman, terutama perempuan, berkesempatan untuk mendunia. Perempuan yang pernah menjadi penari utama di Elisa Monte Dance Company, New York ini membuktikan bahwa wawasan global dapat mendukung pelestarian tradisi budaya.

FARAH QUINN

Risa Suseanty

31, CELEBRITY CHEF Bersuara Lewat Aroma Masakan

31, Atlet Sepeda Downhill Perbukitan Bukanlah Tantangan

Mendobrak stigma, itulah yang terjadi di pertama kemunculannya. Bidang masak memasak yang terkesan membosankan dan didominasi oleh pria dan ibu-ibu sontak gugur setelah kehadiran koki cantik ini. Farah menjadi bukti bahwa dengan berkecimpung di dapur juga bisa tampil cantik. Justru disinilah perempuan bisa berkuasa sepenuhnya. “Saya percaya bahwa wanita bisa menjadi apapun karena wanita adalah makhluk yang kuat tetapi di sisi lain, mereka juga memiliki sisi lemah lembut. Hanya saja, untuk tampil, wanita harus berusaha lebih keras dibanding pria agar kemampuannya bisa diakui. Saya mengalaminya ketika pertama kali terjun ke dunia kuliner. Namun, lewat kemampuan profesional yang saya miliki, saya kini berdiri sejajar di dunia chef yang mayoritas pria,” tuturnya.

Cabang olahraga yang ditekuninya memang selalu membuatnya harus meluncur turun, tetapi tidak demikian dengan semangatnya yang selalu tinggi menggebu. Lesatan kencang sepeda yang dikendarainya menggambarkan kegigihan Risa Suseanty untuk mencetak prestasi dan memajukan olahraga di Indonesia. Meski di awal dia lebih dulu terjun ke dunia bulu tangkis, dalam perjalanannya, balap sepeda adalah tujuan yang ingin diraihnya. Kiprahnya berawal di cabang olahraga sepeda cross country sebelum akhirnya tercemplung di downhill pada Sea Games 1996 di Jakarta karena tim Indonesia kekurangan orang. Namun, kesungguhannya mengantarnya ke urutan lima untuk kedua nomor ini. Risa memiliki ambisi tak teredam untuk memajukan olahraga di Indonesia dengan menggali sisi komersialnya. Bagi Risa, hal inilah yang dapat membangun minat dan membuat banyak orang tertarik dan terjun sebagai atlet.

DIAN 27


Kartika Jahja

Grace Paramita Wiroreno

30, musisi Mengkritik lewat musik

35, Head of Corporate Relation and Communications PT Medco Power Indonesia Menjadi Pemimpin Para Lelaki

Di antara banjir lagu lokal yang nyaris seragam, nama Tika dan bandnya, The Dissidents mungkin belum menonjol. Tika & the Dissidents memang band indie yang memilih jalur indie karena tak mau didikte demi selera pasar. Lagu-lagunya berisi kritik sosial tentang berbagai hal, dari fenomena artis karbitan sampai industri televisi yang menumpulkan intelektualitas. Tika ingin menunjukkan bahwa mengkritik tidak selalu harus dengan mengepalkan tangan. Baginya, perubahan dimulai dari hal kecil yang bisa dilakukan. Dan yang bisa ia lakukan adalah menulis lagu

Pada usianya yang relatif muda, Grace telah menduduki posisi puncak di sebuah grup perusahaan besar. Ia membawahi karyawan yang sebagian besar adalah lelaki. Sifat dasarnya yang agak tomboy membuat Grace mampu mengendalikan laju perusahaan. Kebahagiaan dalam merengkuh sukses pun bertambah setelah ia mampu menerbitkan novel perdananya. Perawakannya yang tinggi dan cantik membuat Grace sempat menjajaki dunia modelling saat SMA, tapi jalan hidup membuatnya terdampar di bidang usaha terbesar di Indonesia. Dididik dalam keluarga yang menomorsatukan kedisiplinan membuat Grace menerapkan hal yang sama di dalam pekerjaannya. Meski membawahi banyak lelaki, Grace merasa ini bukan masalah. Baginya, dengan selalu megambil keputusan berdasarkan logika, maka dia siap bersaing dengan siapapun.

MEIKE ROSE 37, Peramal Cinta Merubah Kutukan Menjadi Kebahagiaan

Wulan Tilaar Widarto 34, Director Martha Beauty Gallery Memimpin Dalam Kecantikan “Pemimpin berarti doing the right thing, memiliki kebijaksanaan, visi, dan kemampuan untuk mengarahkan tim demi mencapai visi tersebut,” ujar putri pemilik kerajaan bisnis kecantikan terbesar, Martha Tilaar. Meski berkiprah di perusahaan keluarga, hal ini tidak membuat Wulan bertindak semena-mena. Justru, dia harus berusaha keras dalam menjaga kepercayaan yang dititipkan sang ibu dipundaknya. “Untuk sukses menjadi pemimpin, saya harus menciptakan tim yang solid. Saya menganggap staf sebagai mitra, bukan bawahan. Perusahaan ini harus memiliki misi berkelanjutan, yaitu memberdayakan dan menyejahterakan banyak orang. So, i have to make sure i’m doing the right thing!”

Vanya Vabrina Valindria

Tatyana Sutara

25, engineer Telemedicine adalah Empatinya

47, Pendiri Women’s Forum for Excellence Berjuang Agar Semua Perempuan Bisa Mandiri

Ia meraih anugrah Women in Technology dari Nokia Siemens Network (NSN). Keterbatasan tenaga medis di pelosok Nusantara menstimulasinya untuk melempar ide mengawinkan teknologi dengan kesehatan. Maka lahirlah konsep e-health solution atau telemedicine. “Telemedicine memungkinkan diagnosis jarak jauh, dengan mengirimkan (misalnya) diagnosis gambar mata pasien yang dikirim melalui transfer data ke Rumah Sakit Pusat,” jelas perempuan berjilbab yang sekarang tengah melanjutkan studinya di Korea ini.

28 DIAN

Tak hanya mengejar materi dalam setiap bidang usaha yang dilakoninya, Tatyana Sutara juga mencari keseimbangan hidup melalui beberapa aktivitas sosial dengan berkecimpung di beberapa organisasi sekaligus. Baginya, dengan cara itulah ia bersyukur dengan apa yang telah didapatkannya sekarang, seperti apa yang telah diajarkan oleh ayahnya sedari kecil. Lions Club Cosmopolitan, Wanita Indonesia Tanpa Tembakau, Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia, KADIN, dan terakhir, dia mendirikan Women’s Forum for Excellence. Organisasi ini menyoroti permasalahan yang sering dihadapi perempuan dan mengajak perempuan Indonesia untuk lebih mandiri.

Foto: Betania, dok. Pribadi

Tidak mudah bagi Meike Rose dalam mengambil keputusan untuk menjadi seorang peramal. Meski, ia menyadari sedari kecil telah memiliki ‘bakat’, Meike justru harus mempertimbangkan dengan matang sebelum akhirnya menekuni profesi sebagai seorang peramal. Terlebih, bagi sebagian masyarakat Indonesia dan kepercayaaan yang dianutnya, dunia ramal meramal adalah hal yang tidak masuk akal, bahkan dilarang. Namun, Meike telah memilih, dan dia berusaha untuk tetap konsisten dengan pilihannya. Daun teh dan kartu tarot dijadikannya sebagai media dalam melihat masa depan dari kliennya. “It’s a curse but it’s a gift,” ujarnya menggambarkan bakat yang dimiliki.


Nicoline patricia Malina

Briptu Eka Frestya

28, Fotografer Menangkap Asa Dalam Lensa

Polisi Wanita Gambaran Wanita Tangguh Pengayom Masyarakat

Tak banyak fotografer perempuan di Indonesia. Nicoline adalah salah satunya. Kehadiran perempuan berambut lurus ini membawa angin segar di dunia yang banyak dinominasi pria. Beberapa hasil jepretannya sudah malang melintang di berbagai majalah di Indonesia dan bahkan luar negeri. Perempuan yang menimba ilmu di Belanda ini juga sudah berkali-kali menggelar pameran foto. Mulai dari gemerlapnya dunia fashion hingga ke sudut lusuh kamar hotel, semuanya terperangkap dalam kameranya. Bidikan yang tajam, terutama dalam foto black and white, semakin mengukuhkan nama Nicoline. Dia bersinar sendiri, tanpa saingan. Maka tidak salah jika media menjulukinya Annie Leibovitz Indonesia.

Diana Rikasari 26, Fashion Blogger Berimajinasi Dalam Fashion Sekilas, dia tampak seperti penggila belanja akibat blognya yang selalu menampilkan dirinya mengenakan beragam jenis pakaian. Diana tidak menampiknya, hanya saja dia masih mengenal batasan. Diana tidak ingin diperbudak mode sampai-sampai harus menghabiskan semua uangnya demi satu item. Diana merupakan ikon fashion generasi baru yang lahir dari dunia blog. Siapa sangka keisengannya memajang hasil imajinasinya memadupadankan baju di blog membuatnya terkenal? From nobody to somebody, itulah dia. Kegilaannya berimajinasi yang tak terbendung dalam fashion menjadikannya salah satu tokoh berpengaruh saat ini.

Vivi Yip 28, Pemilik Galeri Vivi Yip Art Room Popular(t) Culture Galeri Vivi Yip Art Room adalah proyeksinya mengenai ruang pamer seni seukuran kamar, sebagai wadah ‘ayakan’ seni rupa, terutama untuk perupa muda. “Ide ini adalah tampungan keluh kesah perupa yang kewalahan ketika harus berpameran di ruangan besar. Selain memakan biaya besar, ide belum tentu juga padat.” Ia tak mematok standar khusus bagi yang ingin berpameran di tempatnya. Yang penting, karyanya memiliki faktor surprise dan disukainya. Pameran di galerinya identik dengan pertemuan di berbagai pihak, dari anak muda urban sampai budayawan dan intelektual, yang turut membangun infrastruktur seni rupa di Indonesia.

Brigadir (Polisi) Satu Eka Frestya adalah salah satu duta Kepolisian RI dalam menjalankan tugas mendekatkan korps dengan masyarakat. Melalui televisi, ia dan sejumlah rekannya kerap tampil menyampaikan informasi lalu lintas. Paras manis Eka membuat wajahnya mudah diingat orang. Keayuan perempuan 23 tahun itu dilengkapi pula dengan keberanian dan kesukaan pada tantangan. Meski bidang yang digelutinya termasuk berbahaya, Eka justru menikmati tantangan demi tantangan, termasuk saat dia bertugas menangkap bandar narkoba di Bandara Soekarno Hatta. Kehausan akan tantangan ini juga yang membuat Eka membidik Krimsus (Direktorat Reserse Kriminal Khusus) yang menangani kejahatan ekonomi dan cyber) atau (Direktorat) Narkoba sebagai tempat bertugas impiannya.

Syagini Ratna Wulan 25, Seniman Yakin Atas Ketidakmauannya Beberapa kurator mengatakan ia memiliki masa depan dalam dunia seni rupa Indonesia. padahal karyanya lahir dari ketakutannya. Ketidakkonsistenan adalah ketakutan terbesarnya. Namun, itu justru menjadikan alumni Seni Murni, Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB ini konsisten berkarya, meski hasilnya seperti sporadis. Ia berpartisipasi dalam pameran bersama, menggelar pameran tunggal (Love Affair Part1) dan membuat label fashion serta aksesoris. Kesenangannya bergaul tak mengaburkan talentanya. “Saya mungkin tak tahu yang saya mau, tapi saya tahu yang saya tidak mau, termasuk saat berkarya.”

Dewi ‘Dee’ Lestari 36, Penyanyi dan Penulis Tulisan Adalah Suaranya Di era 90-an, publik mengenal trio Rida Sita Dewi. Mereka memang telah bubar, tapi salah satu personilnya, Dewi Lestari -biasa dipanggil Dee- masih tetap unjuk suara hingga sekarang. Hanya saja, bukan melalui lagu, melainkan tulisan. Banyak yang meragukan kemampuannya menulis, tapi Dee berhasil mematahkan keraguan itu. Khatulistiwa Literary Award berhasil diraihnya. Penjualan fantastis dan beberapa kali cetak ulang telah menjadi hal yang biasa baginya. Kini, Dewi telah memantapkan langkahnya di khasanah sastra Indonesia sebagai salah satu penulis perempuan terbaik.

DIAN 29


Menggali Eksotisme Tenun Indonesia 32 DIAN

Foto: Betania, dok. Pribadi

mode


mode Lebih dari sekedar sehelai kain, tetapi telah menjadi aset yang sangat berharga. Proses penciptaan, bentuk, dan material yang belum tentu mudah di dapat memberikan nilai tersendiri bagi kain asli Indonesia ini, sehingga layak membuatnya melenggang di panggung internasional. Menggiring kain asli Indonesia ke panggung dunia? Bukan tidak mungkin suatu hari nanti kain Indonesia akan meraja. Yuk, ikuti penelusuran tim Dian berikut. Oleh: Fitria Rahmadianti

S

ebagai wanita modern yang hidup di era globalisasi, perpudalam negeri memunculkan berbagai keluhan dari pelaku industri taran tren fashion yang dinamis kerap menuntut Anda untuk dalam negeri. Beruntung pemerintah tidak tinggal diam dalam hal ini memiliki koleksi pakaian yang bervariasi. Selain penutup tudan segera mengambil tindakan dengan penerapan instrumen safebuh, pakaian merupakan bentuk komunikasi instan di mana guard. Pemerintah menerapkan kebijakan dengan mengenakan Bea Anda dapat menyampaikan pesan berupa simbol identitas serta karaMasuk Tindakan Pengamanan (BMTP) selama tiga tahun terhadap kter diri, dan hal ini sudah terjadi sejak zaman dahulu. Tidak hanya beberapa produk baja dan kain tenun dari kapas. dalam pemilihan siluet desain atau warna, tetapi penentuan material “Untuk mengatasi serbuan produk impor baja dan kain tejuga menjadi salah satu aspek penting dalam proses komunikasi ini. nun dari kapas, pemerintah memberlakukan safeguard dalam bentuk Sebut saja putri raja dan putri keraton dengan keberagaman motif Bea Masuk Tindakan Pengamanan (BMTP) selama tiga tahun. Produk batik yang indah sebagai lambang status mereka. Atau cara penilaian baja dan kain tenun kapas selama ini banyak dibanjiri produk impor seorang gadis saat dilamar oleh pria di Sumatra berdasarkan hasil teChina,� kata Sekretaris Eksekutif Komite Pengamanan Perdagangan nunannya, di mana tenun dianggap menggambarkan ketekunan serta Indonesia (KPPI) Djoko Mulyono dalam jumpa pers yang digelar pada strata sosial sang perempuan. 31 Maret kemaren. Seorang penulis Rooslila Tahir dalam bukunya Catatan Yang Hal sebaliknya malah terjadi di pasar internasional. Jika Tercecer mengungkapkan bahwa kain Indonesia pada awalnya dapat mengulas kembali koleksi spring/summer 2010 dan koleksi GUCCI, dibagi berdasarkan cara pemakainnya. Bisa menjadi kain dengan Frida Gianino terbukti berhasil menciptakan koleksi mini dress modatasan kebaya, kain dengan atasan baju kurung (panjang) dan kain ern nan cantik bermaterial tenun Indonesia. What a great idea, right? dengan atasan kemben. Disamping batik yang memang telah diakui Dior pun tak mau ketinggalan dengan konsep tenun pada koleksi merdunia, Indonesia juga memiliki kain tenun yang menjadi kekayaan dan eka. Sudah banyak pengrajin tenun Indonesia yang kini telah bekerja refleksi jati diri bangsa. sama dengan pasar internasional. Tenun merupakan hasil karya berupa kain yang dibuat dengan benang dan dimasukkan ke dalam pakan pada alat yang disebut Menapaki Dunia lungsin. Tenun masih dibagi lagi menjadi songket yang merupakan Nilai ke-Indonesia-an memang merupakan salah satu poin yang perlu tenun dengan benang emas atau perak, kemudian ada ikat, dobel ikat diperhatikan oleh kain tenun saat ini. Hal ini terkait beberapa pakem dan pakan. Adapun tranformasi desain kini dialami secara signifikan desain yang memang seharusnya tidak dilepas pada saat dikonstruksi. oleh kain Indonesia termasuk tenun. Hal yang berbeda dialami Di balik itu juga pemerintah berencana untuk meregulasioleh kain India yang justru mengalami stagnasi. kan ketentuan dalam meletakkan nama Indonesia Dilihat dari segi bisnis pun, kain Indonesia Fakta yang bagi para label internasional yang memang bekselain sebagai kekayaan bangsa yang membanggakan memperlihatkan erjasama dengan para pengrajin, seperti yang juga mampu membuka lahan pekerjaan bagi banyak banyaknya merek pernah diungkapkan MS. Hidayat, Menteri kalangan, terutama di daerah pedalaman. Hal ini bisa asing di pasar Perindustrian. Adapun beberapa brand yang dilihat seperti di kabupaten Lingga, di provinsi Kepudalam negeri memunsempat membuat pamor tenun menjadi pemlauan Riau. Peninggalan sejarah Tudung Manto dan culkan berbagai kebicaraan dunia mode adalah Gucci, ETRO, Dior, Batik Lingga menjadi warisan yang kini dikembangkan. luhan dari pelaku dan Dries Van Noten. Berbagai terobosan pun dilakukan dalam hal desain, industri dalam Peran desainer lokal sendiri turut mewarna maupun bahan yang nyaman, seperti polyester negeri megang kendali dalam menggeloranya tren tenun, (chiffon) hingga ornamen yang disematkan. Hingga tahun seperti Priyo Oktaviano dengan Bali of Arc di Paris pada 2007, jumlah penenun yang turun tangan sebanyak 45 orang, terdiri September 2009. Deden Siswanto pun turut menggebrak aksi dari ibu rumah tangga dan remaja putus sekolah, di mana jumlah tenun pada ajang Miss World 2010 di mana Asyifa Syafiningdyah, awalnya hanya sebanyak tiga orang. finalis dari Indonesia mengenakan busana rancangan desainer asal Bandung ini yang menggunakan material tenun Bali. Masih ada lagi, Cipta, Cita dan Cinta Chossy Latu yang memilih tenun Palembang untuk memeriahkan Cipta dan hak kepemilikan kerap kali menjadi polemik yang timbul di show di Mumbay, sementara Denny Wirawan dengan kain Sulawesi masyarakat Indonesia. Mulai dari bentuk seni tari hingga batik yang Tenggara membuat publik internasional terpana pada saat pagelaran menjadi rebutan dengan negara tetangga kita. Sangat disayangkan busana di Dubai setahun yang lalu. Puncaknya terjadi pada Agustus jika Ibu Pertiwi harus kehilangan satu per satu aset yang dimilikinya. silam, saat Ibu Negara, Hj. Ani Bambang Yudhoyono meluncurkan Seperti yang terjadi pada tenun Indonesia, MS Hidayat menyatakan buku bertajuk Tenun: Handwoven Textile Indonesia, sebagai wujud bahwa industri tenun tradisional semakin menurun. Tahun 2010 pengenalan tenun sebagai salah satu warisan budaya bangsa. Untuk para pengrajin banyak yang terpaksa harus gulung tikar dan mencakedepannya, diharapkan tenun dapat menyusul kesuksesan batik pai 45%. Salah satu alasannya adalah karena kurangnya antusiasme dalam meraih pengakuan dari UNESCO. Great! pasar domestik. Tak bisa dipungkiri jika masyarakat tanah air justru lebih tertarik kepada merek luar negeri ketimbang produk asli negeri Biaya Mahal sendiri. Masyarakat kita terbukti lebih menggemari produk luar negProses pembuatan kain tenun yang tidak mudah membuat hargeri dan produk branded yang ada di pasaran. anya cenderung tidak murah. Selain membutuhkan keterampilan Fakta yang memperlihatkan banyaknya merek asing di pasar dan ketekunan, perlu juga alat tenun khusus untuk membuatnya.

DIAN 33


mode Masing-masing tenun juga memiliki keunikan yang membedakannya dengan tenun dari daerah lain, dan hal ini juga berpengaruh dalam penetapan harga jual. Dengan keunggulan itu, tak heran jika harga kain ini mencapai Rp 5 juta per helai. Bahkan di tangan perancang busana bisa berharga Rp 10 juta - Rp 15 juta. Harga yang mahal ini sesuai dengan proses pembuatannya yang cukup sulit. Selain membutuhkan keahlian dan ketekunan, tenun ini juga harus dibuat dengan alat tenun yang terbuat dari kayu tembesu. Alat tenun terdiri dari sisir untuk merapikan benang, dan mengatur lebar kain. Ada juga alat yang dinamakan pelira untuk memadatkan kain tenun, por untuk menahan badan penenun dan apit untuk menggulung hasil tenunan. Ada juga pelipir dan lidi untuk merangkai motif pada benang. “Satu hari hanya bisa menenun sepanjang 10 cm, untuk motif bisa sampai 30 cm,� kata Melly, salah satu pengrajin di Galeri Kampoeng Tenun BNI, Muara Penimbung, Sumatra Selatan. Sebanyak 3.000 helai benang berjajar rapi di sebuah alat tenun berusia ratusan tahun yang dipakai Melly. Dengan telaten, Melly mulai menenun benang-benang yang sudah dicukit dan disusun dalam pelipir. Ia adalah satu dari 6 penenun yang bekerja pada Mardina, salah seorang pengusaha tenun songket Ogan Ilir.

Realisasi Angan DIAN sempat berbincang-bincang dengan Ghea Panggabean untuk mengulas kain Indonesia. Wanita yang sudah 31 tahun berkarya di kancah fashion tanah air ini memang selalu konsisten dalam membawa kain Indonesia hingga terlihat fashionable dan tetap trendi. Seperti yang dilakukannya tahun lalu. Ghea membawa kekayaan bangsa tersebut hingga ke Monte Carlo, Italia dan Malaysia. Sebuah garis desain yang klasik dan timeless ala Ghea memanglah sudah diakui oleh banyak kalangan. Sejarah mencatat Ghea Panggabean 30 tahun silam. Kala masyarakat Indonesia tertarik pada hembusan angin Barat, perempuan yang baru saja menyelesaikan sekolah mode di London ini malah mengulik inspirasi dari tradisi Indonesia, sesuatu yang justru dianggap lawas dan tak menarik. Namun, siapa sangka, gayanya itu justru mampu memberikan ruh pada kain tradisional yang hampir mati, menjadi karyakarya yang cantik, dinamis sekaligus klasik. Hingga kini, namanya terus berkibar secara konsisten dengan gaya etnik. Adapun keinginannya kini untuk lebih dapat mengekspos wilayah Sumatra dengan songket dan limarnya. Namun terkadang hambatan seperti bahan baku dan stok benang yang terbatas harus tetap dihadapi. Menjadikan kain Indonesia untuk tetap terlestari pun dilakukannya kini dengan memberikan pengarahan kepada para pengrajin dalam basis tren dan penyesuaian warna yang lebih selektif, agar tetap terlihat memukau. Mimpi terus bergulir untuk menyukseskan tenun Indonesia ke mata dunia, dan ini menuntut dukungan besar dari berbagai kalangan. Seperti yang dilakukan oleh para sosialita yang mencoba mengangkat komunitas pecinta kain seperti CIta Tenun Indonesia, Yayasan Sulam Indonesia, Rumah Pesona Kain hingga Himpunan Ratna Busana. Merajut ide dalam harapan besar. Disanalah nanti tenun akan menyulam cita rasa dunia fashion internasional.

34 DIAN

Contoh kain tenun Bali

Salah satu pengrajin tenun di daerah Nusa Tenggara Timur. NTT terkenal dengan kerajinan tenun ikatnya yang telah mendunia.

Ibu Negara Ani Yudhoyono saat mengunjungi Kampoeng Tenun BNI, Muara Penimbung, Sumatera Selatan


mode Cita Tenun Indonesia Cita Tenun Indonesia merupakan suatu wadah yang bercita-cita memperkenalkan tenun Indonesia ke mata internasional. Salah satu desainer ternama Indonesia, Oscar Lawalata, selama sepuluh tahun konsisten mengangkat kain tradisional Indonesia dalam ragam desain busananya. Kegigihannya dalam mentransformasi kain tradisional menjadi busana siap pakai agar nyaman dikenakan oleh masyarakat urban, tak pernah sekalipun menyurutkan mimpinya untuk terus menampilkan kekayaan tekstil Indonesia. Akhir tahun silam, Oscar bersama desainer tekstil asal Inggris, Laura Miles, mengunjungi Garut dan Nusa Tenggara Timur. Setelah melihat proses pembuatan tenun sutra di Garut, mereka mengunjungi NTT guna melakukan lokakarya untuk para penenun lokal sekaligus meneliti dan melakukan serangkaian inovasi pada proses pembuatan kain tenun. Menurut Oscar, penenun Indonesia memiliki keahlian yang tinggi tetapi terkendala dalam hal informasi dan teknologi. Inilah yang menyebabkan mereka melakukan penenunan secara monoton. Padahal, hal ini bisa diminimalisir jika mereka secara konsisten dibina sehingga nantinya mampu menembus pasar global. Upaya lain yang baru saja digagas CTI dalam rangka memperkenalkan tenun Indonesia di mata internasional adalah adalah dengan memboyong dua desainer ternama, Denny Wirawan dan Chossy Latu pada tanggal 19 dan 22 April 2010 silam kembali menjadi pusat perhatian dunia dan sambutan meriah di Dubai dan Mumbai. Kedua desainer ini tidak hanya merekonstruksi tenun tersebut, tetapi mereka juga turun langsung ke lapangan dan berbagi ‘ilmu’ kepada para pengrajin setempat. Selama beberapa waktu mereka habiskan untuk sebuah observasi, pengkajian dan pengajaran tentang inovasi proses penenunan. Berawal dari memberikan cara pewarnaan yang dibantu oleh para ahli kain serta proses perbaikan mutu melalui peningkatan kinerja, hingga pada akhirnya harga jual tenun tidak setinggi sebelumnya. Pada acara bertajuk “Indonesian heritage: Remarkable Indonesia” terlihat bahwa kualitas tenun Indonesia yang murni terbuat dari katun, tanpa polyester, memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan negara lain. Cinta akan songket atau tenun Palembang membuat Chossy Latu berusaha agar kain tersebut lebih memiliki daya

Keterangan gambar: 1. Oscar Lawalata dan model yang mengenakan rancangannya. 2. Denny Wirawan diantara para model. 3. Model memeragakan rancangan Chossy Latu.

guna yang tinggi ketimbang pajangan belaka. Songket ternyata mampu mengikuti fashion internasional, seperti jaket atau dress rancangannya yang memang lebih difungsikan sebagai busana hangat sehari-hari. Tantangan lain dihadapi oleh Denny Wirawan yang mengkreasikan tenun Sulawesi Tenggara. Diakuinya, motif geometris dengan benang mengilap dan emas yang menjadi ciri khas daerah itu, kadang terkesan tidak modern sebagai busana. Demi menjadikannya sebagai suatu karya busana yang gaya, maka ia menggunakan benang mengilap secara proporsional saat proses penenunan. ia pun berharap ke depannya dapat menciptakan sebuah rancangan tanpa benang mengilap, tetapi ini masih dalam proses penyesuaian dengan budaya daerah itu. Kota mode dunia, Paris, juga turut menjadi saksi kejayaan tenun. CTI dengan dukungan dari BKPM kembali berpartisipasi pada event Internasional Pret a Porter Paris (PaPP), pada tanggal 4 – 7 September 2010 silam. PaPP merupakan ajang fashion tahunan di kota Paris yang memiliki konsep eksibisi yaitu, mempertemukan antara para pekerja fashion mancanegara dengan para buyer yang tidak terbatas dari kota Paris, tetapi mencakup buyer dari seluruh dunia. Kali ini, CTI membawa nama Indonesia dengan menampilkan hasil karya tiga desainer fashion terkemuka Indonesia, yaitu: Denny Wirawan, Oscar Lawalata, dan Priyo Oktaviano. Selain menggandeng para desainer ternama, CTI juga berperan dalam pelestarian tenun tradisional, pelatihan dan pengembangan pengrajin serta membantu pemasaran tenun. Hingga saat ini, CTI dan bekerjasama dengan beberapa perusahaan besar dan pemerintahan daerah setempat memiliki beberapa daerah binaan yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia. Daerah binaan tersebut yaitu Klungkung, Karangasem, Seraya, dan Jinengdalem, Provinsi Bali, Desa Muara Panembung, Kec. Indralaya, Kab. Ogan Ilir, Sumatera Selatan, seluruh kabupaten di Sulawesi Tenggara, Baduy, Provinsi Banten, kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Bar at dan kabubapetn Garut serta kabupaten Majalaya, Jawa Barat. So, sudah tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk mencintai karya dalam negeri kan?

DIAN 35


K K wajah

AHFIATI AHDAR

INDONESIAN TEXTILE DESIGNER

P

Women Behind the Curtain

erempuan asal Bandung yang sangat gemar travelling ini sudah menaruh minat pada kain sejak usia belia. Berawal ketika ia melihat tumpukan kain batik yang tersimpan di lemari sang ibu. Aroma kain batik yang menurutnya unik, menimbulkan rasa penasaran perempuan yang akrab dipanggil Fifi ini. Seolah memantapkan kecintaannya,

perempuan kelahiran 20 November 1975 ini pun menekuni pendidikannya hingga memeroleh gelar doktor dari Fakultas Seni Rupa, Institut Teknologi Bandung. Taste, sensitivity dan profesionalisme pun berhasil membawa perempuan ini tampil gemilang di bidangnya. Oleh: Lescha Mayseeta

Apa sebenarnya yang dilakukan oleh seorang desainer tekstil? Banyak sekali yang dapat dilakukan oleh seorang desainer tekstil. Bisa dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat, seperti melakukan penelitian atau memberikan pelatihan untuk pengembangan tekstil tradisional atau dapat pula dalam bentuk yang lebih komersial, yaitu menciptakan karya yang diinginkan pemesan. Pada intinya, kegiatan seorang desainer tekstil adalah membuat kain. Mulai dari serat, benang, sampai dengan kain. Kemudian, pemahaman keterampilan dapat diperoleh pada spesifikasi teknik,. Sebagai contoh, printing,

knitting dan weaving.

36 DIAN

Apa yang menarik hati Anda dari melihat dan membuat sebuah kain? Kain adalah sesuatu yang mempunyai esensi sensual yang dapat dirasakan dari tekstur, bau dari kain itu sendiri, seperti bau batik, bunyi –misalnya pada kain lipat bugis-, dan sebagainya. Dan seluruh hal tersebut tidak akan lepas dari kehidupan di Indonesia. Jadi, berbanggalah Anda sebagai bangsa Indonesia. Belum lagi kepuasan yang saya terima dari menjalani profesi ini. Di mana saya mampu mengekspresikan emosi melalui karya dan dapat menyalurkan ilmu yang saya peroleh. Kain tersulit yang pernah Anda buat? Tingkat kesulitan dalam membuat kain tentu berbeda-beda, sesuai dengan karakter sang klien. Saya sempat berkolaborasi dengan beberapa fashion designer Indonesia, seperti Stefanus Hamy, Deden Siswanto, dan Denny Wirawan. Kesulitan terjadi ketika saya harus memahami para desainer tersebut. Jangan sampai karakter-karakter mereka tidak tampak melalui tekstil yang saya lahirkan. Itu jelas menekan idealisme dan ego saya. Namun melalui hal tersebut saya banyak belajar dari mereka.

Foto: dok. Pribadi

Ceritakan awal terjun ke dunia tekstil. Saya menekuni tekstil secara serius pada saat kuliah S1 di ITB tahun 1994. kemudian saya memperdalamnya di Central Saint Martin College of Art, Lomdon Institut, untuk gelar master. Sebuah perjalanan untuk penelitian yang saya lakukan ke daerah-daerah, salah satunya Nusa tenggara TImur, membawa pengalaman pribadi yang sangat memengaruhi (dan kian memperdalam) kecintaan terhadap tekstil Indonesia.


wajah

menjual kain warisan pada turis asing, karena Bagaimanakah Anda melihat kerjasama dari turis asinglah mereka memeroleh bayaran yang mungkin terbentuk antara demahal, atau paling tidak orang-orang itulah yang sainer tekstil dan desainer fashion? justru menunjukkan kepedulian dan antusiasme Saya menampilkan sampel-sampel kain terhadap tekstil Indonesia. olahan yang biasanya dikirimkan ke industri. Saya pernah bekerja sama dengan Jika kini Anda tidak menjadi seorang desainer sebuah butik di Bandung. Saat saya sekotekstil, profesi apakah yang akan Anda lakukan? lah di Inggris, perancang terkenal seperti Mungkin seorang dokter gigi. Karena dulu saya dari Louis Vitton pun mengunjungi sekoterdaftar menjadi mahasiswa kedokteran gigi di lah untuk melihat kain yang dihasilkan salah satu perguruan tinggi di Bandung. para siswa. Jika tertarik, mereka akan mengontraknya. Saya mengangankan Pada satu titik, setiap orang pasti pernah bosan adanya sinergi antara seniman tekstil dan dengan rutinitas mereka. Apa yang Anda lakupihak industri, yang hingga sekarang tak kan untuk membunuh rasa jenuh itu? terwujud di Indonesia. Padahal mereka Mungkin terdengar klise. Tapi sungguh saya telah berhasil membuktikan bagaimana sedikitpun tak pernah merasa jenuh dengan apa sebuah materi tidak menghalangi yang saya kerjakan. Mungkin karena saya Kahfiati dan salah satu kain hasil ciptaannya. imajinasi seni. Pemisahan fine art dan menganggap dan mengerjakan semua hal ini craft tak lagi relevan. Dengan penguadengan ringan dan fun. Playing with fabrics! saan teknik, tidak hanya memerlukan Dengan kain saya bisa jalan-jalan ke luar dan serat, tetapi juga lukisan. Mereka tetap bisa mengeksplorasi warna, keliling Indonesia. Jadi saya sangat bersyukur dengan apa yang saya jalani ini. bentuk, dan tekstur. Sebagai seorang dosen dan juga pelaku di industri tekstil, menurut Anda bagaimana potensi bidang ini di masa depan? Banyak yang berkata kain dapat menjadi media menyalurkan ideSaya yakin di masa depan profesi perancang tekstil akan melaju dengan pesat. alisme. Sehingga saat dikenakan, orang yang melihat dapat menuai cerita Kejenuhan para pecinta tekstil dan fashion akan membawa pengharapan akan menarik dari sebuah kain. pendapat Anda? keunikan dan olahan kain dan bukan hanya sekedar garmen biasa. Creative Sepakat! Kain merupakan simbol atau identitas. bahkan banyak kain tradisfabric akan digemari, bahkan sudah mulai digemari. Permintaan akan hal ional yang dikatakan mempunyai nyawa, yang artinya, pada saat pengerjaan tersebut cukup mengesankan. Industri ini jelas menjanjikan di masa depan. segala emosi tercurah pada kain. proses pembuatan kain tersebut menghembuskan jiwa pada helai demi helai kain yang dibuat. Bahkan di zaman modern Selama berkarya, eksperimen tergila apa yang pernah Anda lakukan? sekarang pun dapat dirasakan, dan cukup jelas terlihat, bahwa kain dapat Saya pernah menampilkan motif yang dihasilkan dari mencetak tanah liat di mengekspresikan identitas maisng-masing pembuat, maupun identitas sang atas kain. Teksturnya menarik, antara bentuk kotak dan garis. Bahkan saya pengguna akhir. juga pernah mencetak hak sepatu saya di atas kain. Tentunya setelah dicelup warna. Eksperimen lain yang tak kalah gila adalah ketika saya menjadikan Pandangan Anda tentang para desainer tekstil yang ada di Indonesia? Menirisan kentang sebagai stempel. gapa profesi ini masih jarang dan sulit ditemukan? Tak sesulit yang Anda bayangkan kok untuk menemukan seseorang yang Hal tersulit apakah yang pernah Anda lakukan? berprofesi sebagai perancang tekstil. Sebenarnya banyak tekstil desainer di Dalam sebuah pameran saya pernah menampilkan pengolahan materi yang Indonesia, namun memang profesi ini belum sepopuler desainer fashion. tak hanya berasal dari kain sutra dan katun, tetapi saya juga mencetak motif Sebenarnya sederhana saja, karena profesi ini tidak dituntut untuk tampil saat warna dan gambar di atas kulit domba dan bulu sintetis. Bulu paling susah curtain call pada panggung pagelaran busana. Perancang tekstil lebih bergelut pengolahannya karena membutuhkan cukup banyak waktu. Namun hasilnya di belakang panggung. memang tak sepenuhnya memuaskan. Di atas bulu-bulu itu, warna putih yang membentuk figur bunga tampak menggumpal dan berada di permukaan Kain tradisional terbaik (baik dilihat dari proses maupun hasil akhirnya) sehingga mengesankan sewaktu-waktu bisa terburai. emnurut Anda pribadi? Bagi saya pribadi, semua kain tradisional sangat indah. Sangat sulit untuk Adakah mimpi yang masih belum tercapai? mengatakan mana yang terbaik dari kain-kain tersebut karena bukan saja Kain tradisional Indonesia dan industri tekstil merupakan aset negara yang teknik yang menjadi ukuran, namun makna yang tersirat pada kain itu menkuat sehingga dapat menjadi salah satu devisa negara yang besar. Dan yang jadikan kain tradisional Indonesia mempunya nilai. Tak hanya bagi saya dan paling penting, para pengrajin di daerah dapat kaya dari hasil tekstilnya. Anda, namun bagi hampir seluruh dunia yang melihatnya. Terakhir, dari mana Anda mendapat inspirasi ketika membuat suatu karya? Seberapa banya profesi Anda memengaruhi hidup keseharian? Bagi saya, alam merupakan guru yang sangat baik dan terbukti paling jujur. Bersentuhan dengan tekstil maupun pelaku tekstil itu sendiri memengaruhi sedikit banyak karakter saya. Empati saya meningkat. Bayangkan saja, para penemu setengah mati mengerjakan kain namun nilai apresiasinya masih belum dapat dirasakan langsung oleh mereka di daerah. Tak jarang mereka

DIAN 37


gaya

Inspirasi Fashion Film Lokal

F

cropped tops, cropped jacket and blazer hingga

bikers jacket menjadi tren

street style anak muda Jakarta di era 80an. Di era 2000an, film Ada Apa Dengan Cinta yang dibintangi Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra menandai kebangkitan era perfilman nasional dan berhasil menjadi salah satu film Indonesia terlaris. Gaya seragam sekolah Cinta dan teman-temannya dalam film yang identik dengan rok dan seragam sekolah berpotongan pas badan serta kaos kaki sebatas lutut yang berkesan preppy berhasil menjadi tren di kalangan pelajar sekolah di kota-kota besar. Setelah era Ada Apa Dengan Cinta, Nia Dinata merilis film Janji Joni yang dibintangi oleh Nicholas Saputra dan Mariana Renata. Film ini kental dengan nuansa retro vintage yang mempopulerkan baju-baju dalam warna pastel dan motif pop art seperti yang dipakai Mariana Renata dalam film tersebut. Di tahun 2007, sutradara muda Upi Avianto merilis film Radit dan Jani yang dibintangi Vino G. Bastian dan Fahrani. Film dengan wardrobe bergaya rebellious street style ini menjadi tren di kalangan anak muda Jakarta. Ripped off denim, leather bikers

38 DIAN

jacket, denim hotpants, boots, skinny denim hingga kacamata Rayban Wayfarer menjadi fashion items wajib di kalangan para pecinta street style. Selain berhasil menciptakan tren fashion ready to wear yang ditiru banyak fashionista, beberapa film lokal menjadi suguhan menarik bagi para pecinta mode karena kostum yang dipakai dalam filmfilm tersebut merupakan kostum-kostum unik dengan berbagai detail menarik yang dirancang oleh para desainer lokal ternama. Sebut saja Ca Bau Kan, film karya sutradara Nia Dinata yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Remy Sylado. Film yang menceritakan tentang kehidupan wanita penghibur bernama Tinung ( Lola Amaria ) yang diperistri seorang bangsawan Tionghoa di zaman kolonial Belanda ini menggunakan 3000 kostum epik yang hampir semuanya merupakan rancangan desainer lokal ternama. Nama-nama seperti Chossy Latu, Robby Tumewu, Yongki Komaladi, Sebastian Gunawan, Anton Diaz, Thomas Sigar, dan Hutama Adhi merupakan otak jenius di balik kemegahan kostum dalam film ini. Berbagai macam kostum bergaya tradisional kontemporer yang multiwarna seperti sarung, kebaya encim, dan cheongsam mewah serta berbagai macam setelan jas stylish yang dikenakan Ferry Salim dalam film ini menjadi salah satu daya tarik terbesar. Selain Ca Bau Kan, Nia Dinata juga merilis film Madame-X di tahun lalu yang dibintangi oleh Aming, Titi DJ, Shanty dan Sarah Sechan. Kostum-kostum unik yang didominasi oleh kostum superhero dengan detail sequins serta terbuat dari bahan leather dan bahan bernuansa metalik. Baju-baju berwarna cerah yang dikenakan Sarah Sechan dirancang khusus oleh desainer Jeffry Tan dan Lenny Agustin untuk film ini, juga menjadi daya tarik bagi penikmat film sekaligus pecinta mode di Indonesia.

Teks: Marissa Anugrah. Foto: Marissa, Istimewa

ilm dan fashion merupakan hal yang saling berkaitan. Tidak jarang, muncul suatu tren fashion terbaru yang diadaptasi dari film. Film-film dengan wardrobe menarik serta tokohtokoh dalam film yang fashionable seringkali menginspirasi banyak orang untuk meniru look mereka dalam film sehingga menjadi tren. Tidak jarang, suatu film atau tokoh dalam film menginspirasi para desainer dan rumah mode dunia dalam mengeluarkan koleksi yang spektakuler. Kamu pasti tahu betapa iconic nya Audrey Hepburn dengan Little Black Dress nya dalam film Breakfast at Tiffany’s, John Travolta dan Olivia Newton John dengan leather bikers jacket dalam film Grease, Blair Waldorf dan tokoh-tokoh dalam serial Gossip Girl yang mempopulerkan bow headband dan gaya chic preppy look ala school girl and boys , hingga Carrie Bradshaw dari film Sex and The City dengan sepatu Manolo Blahnik dan gaya eklektiknya yang banyak ditiru para fashionista di seluruh dunia. Namun, tren ini ternyata tidak hanya berlaku untuk film-film asing. Di Indonesia, beberapa film lokal ternyata juga menjadi inspirasi fashion. Fenomena ini dimulai sejak era 80-an, ketika film Catatan Si Boy yang dibintangi Onky Alexander menjadi salah satu film Indonesia paling fenomenal dan digilai banyak orang. Sekuelnya pun tetap menjadi box office di scene perfilman nasional. Gaya Onky Alexander, Merriam Bellina dan Paramitha Rusady dalam film tersebut menjadi tren di kala itu. Celana baggy, high waisted denim pants,


gaya Tampil Cantik Dengan Maxi Skirt Maxi skirt kembali in di tahun 2011. Sebelum menggunakan maxi skirt, Anda harus meyakinkan diri bahwa Anda bisa memakainya, bahkan jika Anda bertubuh pendek sekalipun. Jika Anda sudah percaya bahwa maxi skirt dapat memberikan hasil yang berbeda-beda pada tiap pemakainya, entah itu preppy, boho, atau edgy, Anda akan merasa lebih nyaman. Dengan padanan yang tepat,Anda bisa menjadi seorang wanita yang effortlessly glam dalam sehelai maxi skirt pilihan. Berikut ini langkah-langkah yang perlu diperhatikan: CHOOSE CASUAL TOP Seperti namanya, maxi dress tak hanya memiliki ukuran yang maxi, tetapi juga efek yang maxi. Maka untuk menetralisirnya, Anda harus memilih atasan yang tak berlebihan. Jika maxi dress yang anda pilih adalah jenis lipit atau bermotif, cara termudah dan ternyaman adalah dengan mengenakan loose t-shirt atau blouse polos. CUTE CROPPED TOP Sebuah cropped top tak selalu identik dengan gaya 1980-an. Desain yang simpel namun berdetail unik akan sangat tepat sebagai teman dari maxi skirt bergaya high waist. Blouse berkancing penuh, blouse kerah berpita, tank top dengan ikatan di pinggang, dan drapery shirt akan memberikan tampilan yang ubercute. BE CREATIVE Gunakan kesempatan untuk bermain-main dengan motif selama musim cerah ini. Jika maxi skirt favorit bermaterial leather, denim atau berwarna netral seperti hitam dan abu-abu, Anda dapat mengenakan tank dress, tank top, shirt dress, dan mini dress dengan motif kecil yang manis. Namun sebaliknya, Anda membutuhkan atasan yang clean dan chunky necklace ketika maxi skirt Anda sudah bercorak festive. BOUNCY AND FLOWY Agar postur tubuh terlihat lebih seimbang, full skirt dengan lapisan tulle atau maxi skirt lebar yang jatuh bertumpuk akan terlihat playful bersama loose-fitted shirt.

STEAL HER LOOK!

Anggun + Simpel ala

Teks: Marissa Anugrah. Foto: Marissa, Istimewa

EMMA ROBERTS Jika dulu gaya Emma Roberts, 20 , selalu dikaitkaitkan dengan tantenya, Julia. Namun kini dia sudah punya ciri khas. Busana pilihannya selalu simpel, baik panjang maupun pendek. Aksesori andalannya adalah clutch dengan sepatu hak tinggi tentunya. Jika dia sedang dalam mood mencari perhatian, maka efek dramatis akan ditonjolkan dari aksen busana. Untuk gaya dandan, pemain Scream 4 ini menyukai riasan smoky eyes. Warna rambutnya pun kadang merah kecokelatan, pirang gelap, atau coklat. Tata rambut dilepas adalah pilihan utamanya -atau sanggul kecil simpel di tengkuk.

COLOR BLOCKING Tak ada alasan untuk menyembunyikan pakaian berpalet terang selama musim semi. Pilih warna berani seperti merah atau jingga untuk maxi skirt berpotongan lurus dengan keketatan yang menggoda atau maxi skirt dengan sedikit aksen sheer pada bagian betis, lalu tambahkan t-shirt ketat yang nyaman dalam warna kuning, pink atau biru. Selain menyegarkan, daring dan stylish, Anda tampak bak fashion icon seketika. SHEER COMBO Anda memiliki sheer maxi skirt yang sedang hype tetapi bingung memadukannya? Mini dress adalah jawaban yang tepat, apalagi jika maxi skirt Anda benar-benar transparan dari bagian atas pinggang. Kenakan maxi skirt, lalu tambahkan casual mini dress berwarna sama di atasnya, tambahkan sweater atau cropped blazer sebagai penutup yang menyenangkan. Pastikan Anda tak berlamalama mengenakan kostum tumpuk ini dan pilihlah aksesoris yang minimalis agar tak memunculkan kesan overdressed. Lengkapi keindahan maxi skirt Anda dengan mengenakan sepasang platform shoes, clog sandals, atau wedges yang semakin mengaksentuasi anda menjadi lebih ramping dan semampai.

Agar Si Putih Tidak Membosankan Warna putih akan kembali naik daun di musim mendatang. Untungnya, di negeri beriklim tropis seperti Indonesia, warna putih selalu “in�, jadi tak ada salahnya Anda mulai mengeluarkan atau menambah koleksi busana putih. Anda harus kreatif mengaplikasikannya agar tidak terlihat monoton. Selalu pastikan pakaian dalam Anda berwarna senada dengan kulit. Hindari pakaian dalam dari bahan renda, bermotif atau berwarna selain warna kulit. 1. Saat belanja, cek transparansi bahan dengan menaruh tangan Anda di balik kain. Anda bisa pula membawanya ke dekat sinar untuk melihat apakah busana tersebut terlalu tipis jika terkena paparan sinar matahari atau di bawah lampu. 2. Busana putih, khususnya kemeja putih akan selalu gaya, tak perlu membeli yang sangat mahal, tetapi pastikan Anda membelinya secara berkala, karena kain putih selalu memiliki kecenderungan untuk berubah menjadi kekuningan. 3. Jika Anda punya satu kemeja putih kesayangan, dan mulai terlihat menguning, coba rendam dalam ember berisi satu butir aspirin yang sudah dihancurkan, lalu cuci seperti biasa.Untuk busana kantor, pilih bahan yang cukup kaku, karena akan memberikan kesan lebih profesional ketimbang yang terbuat dari bahan “jatuh�, seperti linen atau sutera. 4. Jika Anda tak ingin terlihat seperti suster, hindari memadukan pakaian putih dengan sepatu putih. Padankan busana putih dengan sepatu berwarna senada kulit, metalik, atau sepatu berwarna terang. 5. Semprotkan parfum sebelum mengenakan busana putih untuk mencegah noda. Sebaliknya, jika ingin mengenakan riasan wajah, kenakan dulu busana yang tipe blus, alasi dengan handuk atau tisu di bagian pundak dan dada untuk menghindari riasan menempel di bagian dalam busana. Jika Anda mengenakan kemeja, boleh kenakan busananya usai mengaplikasikan riasan.

DIAN 39


tren


bugar

The Fertility Dilemma Memiliki keturunan mungkin sudah menjadi to-do-list Anda tahun ini. Tapi ternyata, bagi sejumlah wanita zaman sekarang, the road to get there isgetting bumpier than ever. Namun, jika Anda masih lajang, jangan buru-buru membalik halaman ini. Tidak ada salahnya Anda turut memperhatikan masalah fertillitas dan mempersiapkan diri sebelum melangkah ke jenjang pernikahan.

Y

Oleh: Hanna Veronica

ou got married, and it’s time to take the next step: having a baby! Setelah menunda satu tahun karena alasan “Mau berduaan dulu...”, akhirnya Anda dan pasangan setuju kalau ini saatnya melepas semua alat kontrasepsi, and let nature take charge. Setahun, dua tahun Anda mencoba, tapi kenapa tidak berhasilberhasil juga? Akhirnya semua orang di sekitar Anda mulai berisik menanyakan, dan membuat pasangan Anda cranky dan terus menerus mendesak. Parahnya lagi, teman Anda yang menikah belakangan justru hamil duluan. Sounds familiar? Well, you are not alone, darling! Perjalanan menuju kehamilan bagi beberapa wanita masa kini, merupakan sesuatu yang semakin sulit terjadi. Ternyata, faktor usia, stres, makanan, dan polusi juga sangat berpengaruh terhadap kapasitas reproduksi manusia. “Sekarang ini semakin banyak wanita yang memang sengaja menunda kehamilannya dengan alasan pendidikan tinggi atau karier,” kata Dr. Kencana Shinta Moser, SpOG. “Pada saat yang bersamaan, jam biologis mereka pun terus berjalan. Konsekuensinya, ketika mereka murasa sudah siap untuk punya anak, prosesnya akan menjadi lebih susah.” Well, biological clock does exist, and keeps ticking faster as you get older. Berikut fakta seputar kesuburan yang perlu Anda ketahui. Semakin Anda menunda untuk memiliki anak, maka akan bertambah pula tingkat kesulitan Anda untuk hamil nantinya. Umur adalah faktor krusial dalam fertilitas wanita. Perempuan dilahirkan dengan 1-2 juta sel telur (beberapa berkualitas baik dan beberapa buruk), dan jumlahnya akan terus berkurang selama Anda menstruasi. Persentase dari sel telur berkualitas baik akan terus menurun, and it cannot be stopped. Namun, apabila Anda ingin menggunakan proses surrogacy, yaitu proses mendapatkan kehamilan dengan cara menanam sel telur Anda dan sperma pasangan di rahim di pihak ketiga seperti yang dilakukan beberapa selebritas Hollywood seperti Nicole Kidman dan Sarah Jessica Parker, don’t get your hopes up, karena praktik surrogacy ini ternyata tidak diperbolehkan di Indonesia. So, what to do? Of course, sudah ada berbagai fertility treatment khusus yang bisa Anda jalani, tapi ada juga hal-hal sederhana yang bisa Anda lakukan setiap harinya. But first, apa saja yang membuat beberapa wanita zaman sekarang lebih sukar hamil? Find out what DIAN discovers!

Apa Yang Menyebabkan Wanita Gagal Hamil? Jika dilihat dari sisi bilogis, ada tiga penyebab utama, yaitu tubal, hormonal, dan struktural. Plus, beberapa disease yang mesti Anda ketahui dari sekarang. • TUBAL Ini adalah kondisi di mana satu dari kedua tuba falopi Anda tersumbat. Hal ini biasanya disebabkan oleh endometriosis, yaitu sebuah penyakit berupa bercak-bercak jaringan endometrium yang tumbuh di luar rahim. Pilihan treatment yang cocok untuk mengatasi masalah ini adalah in vitro fetrilisation (IVF) dan artificial insemination (AI). • HORMONAL Gangguan hormonal berupa siklus menstruasi yang tidak teratur dan tidak ada sel telur yang dilepaskan. Biasanya terjadi pada wanita yang menderita sindrom ovarium polikistik (dampak dari memiliki BMI di atas 25. Saat ini, diperkirakan terdapat 8 juta wanita di dunia yang mengalami masalah ini), atau wanita yang memiliki level stres yang sangat tinggi. Untuk mengatasai masalah ini, bisa dilakukan terapi hormon. • STRUKTURAL Biasanya ada problem pada organ reproduksi Anda, seperti kista di rahim atau tumor di saluran uterus. Untuk menanggulangi masalah ini, treatment-nya disesuaikan dengan masalah masing-masing.

Stress matters! “Proses menstruasi itu seperti layaknya orkestra,” kata Dr. Kencana. “Semuanya harus berjalan kompak dan harmonis supaya tidak terjadi ‘nada sumbang’.” Begitu juga halnya yang terjadi pada saat proses ovulasi karena banyak sekali hormon yang terlibat. Jika tengah dilanda stress, maka kekompakan hormon akan menjadi kacau dan pada akhirnya mencegah terjadinya proses ovulasi. So, please, manage your stress well.

DIAN 41


bugar Myth and Truth About Fertility Obat batuk sirup yang mengandung guaifenesin memang membantu terjadi kehamilan namun tidak secara langsung. Menurut pakar fertilitas , Tony Weschler, ada beberapa hal yang perlu diketahui soal obat batuk sirup. Komposisi guaifenesin menurutnya merupakan salah satu zat yang bisa membantu memperbanyak cairan dalam vagina dan mempermudah masuknya sperma ke indung telur serta membuahi telur. Namun, hal ini tidak berlaku sama bagi semua wanita. 2. Seorang wanita tidak perlu mengalami orgasme untuk bisa hamil, tapi memang harus diakui bahwa hal itu lebih menyenangkan! 3. Asam folat tidak membantu pembuahan. Kebenarannya adalah, asam folat penting pada masa awal kehamilan untuk membentuk sistem syaraf janin dan mencegah cacat bawaan dari bayi. 4. Memang banyak makanan yang mengandung zat afrodisiak (penguat libido), tapi tidak ada makanan yang bisa membantu mencapai kehamilan. Sebaliknya , ada beberapa makanan yang mengganggu pembuahan dan harus dihindari selama kehamilan. 5. Infertilitas adalah “belum terjadi kehamilan dalam 1 tahun meskipun telah berhubungan intim secara teratur tanpa kontrasepsi, pada wanita berusia dibawah 35 tahun atau setelah 6 bulan pada wanita berusia 35 tahun lebih.” 6. Pria juga mengalami gangguan kesuburan dan kemandulan tidak sama dengan gangguan kesuburan. Masalah infertilitas adalah masalah gangguan kesuburan pasangan. Hal ini mungkin dapat diatasi, mungkin juga tidak dapat diatasi, tergantung kepada penyebab dan sejauh mana kesuburan telah terganggu. 7. Berhubungan seks setiap hari memang akan memperbesar peluang kehamilan, tapi yang harus dingat sperma yang berkualitas harus melewati proses produksi dan kematangan sebelum membuahi telur sekitar 2-3 hari pada organ scrotum pria. Jadi, yang harus diperhatikan adalah melakukan hubungan intim pada saat fisik dan mental dalam keadaan siap sehingga tercipta hubungan intim yang berkualitas dan memperbesar kemungkinan kehamilan. Pasangan pun tentunya tidak akan mengalami masalah dengan kesuburannya. 8. Posisi misionaris dalam bercinta dianggap sebagai posisi paling tepat untuk menciptakan kehamilan. Sebenarnya, posisi ini memungkinkan sperma cepat bertemu dan membuahi telur, tetapi tidak selalu membuat kehamilan terjadi. Kehamilan sangat tergantung kepada seberapa besar sperma mampu bertahan di dalam ovarium dan tidak ada hambatan “It reuntuk sperma membuahi telur. quired a 9. Kebanyakan wanita lot of faith. mudah saja untuk hamil. And we need that Meski banyak wanita to go through the bisa memiliki keturunan whole pregnancy. dengan mudah, pada That’s why we named kenyataannya, satu dari her Faith.” sepuluh pasangan memiliki masalah infertilitas. Faktor Nicole Kidman On Her Daughutama umumnya adalah ter Faith Margaret. usia. Wanita berusia di atas 30

42 DIAN

tahun hanya memiliki 20 persen kemungkinan hamil dalam satu siklus, dan ketika usianya beranjak ke angka 40-an, persentasenya menurun menjadi hanya 5 persen per bulan. 10. Pria tidak memiliki masalah infertilitas. Kebanyakan orang percaya bahwa masalah fertilitas adalah ‘masalah wanita’. Pada kenyataannya, sebanyak 35 persen kasus infertilitas disebabkan oleh problem fertilitas pada pihak laki-laki dan jumlahnya sama persis presentasenya dengan problem fertilitas pada pihak wanita. Sisanya, 20 persen disebabkan oleh problem dari kedua belah pihak, sementara 10 persen lagi, belum diketahui penyebabnya. 11. Infertilitas adalah masalah psikologis dan bukan masalah fisik. Teman atau saudara Anda mungkin sering berkata bahwa “masalah ketidaksuburan sebenarnya berasal dari pikiran,” jadi jika Anda tidak terlalu stres, Anda bisa hamil. Kenyataannya, masalah fertilitas berada pada kondisi sistem reproduksi tubuh dan bukan masalah psikologis. Memang benar, pergi liburan, berpikir positif, atau bersantai bisa mengurangi stres dan membuat hidup Anda lebih bahagia, tapi ini tidak akan memperbaiki masalah infertilitas yang Anda alami. 12. Jika pasangan mengadopsi anak, ini akan ‘memancing’ pasangan tersebut untuk hamil. Pada kenyatannya, menurut American Society for Reproductive Medicine, hanya 5 persen pasangan yang mengadopsi anak berhasil mendapatkan keturunan sendiri. Sama besarnya dengan persentase pasangan yang tidak mengadopsi anak tapi melakukan terapi kesuburan.

Foto:Istimewa

1.


bugar Getting Knocked Up Ada beberapa hal yang bisa Anda nikmati (dan hindari) apabila kehamilan menjadi tujuan Anda dalam waktu dekat. So, take a note, ladies! DON’Ts: MAKANAN YANG MENGANDUNG PRESERVATIF Beberapa makanan yang mengandung zat preservatif diantaranya adalah makanan dan minuman yang berasal dari dalam kaleng, termasuk diet soda yang juga mengandung aspartam (pemanis buatan) yang tidak baik untuk kesehatan rahim. OLAHRAGA YANG TERLALU INTENS Olahraga memang baik untuk kesehatan, tapi olaharaga yang terlalu sering justru membahayakan karena bisa mengacaukan siklus haid yang idealnya terjadi antara 21-35 hari. Angka BMI (Body Mass Index) yang bagus berkisar antara 19-25. KOPI Kafein yang dikandung kopi mengakibatkan konstriksi pembuluh darah di rahim yang dapat mengakibatkan sel telur tidak menempel di rahim. SEAFOOD Beberapa makanan laut, terutama yang mengandung merkuri dalam jumlah tinggi seperti kerang, sebaiknya dihindari. Kalau memang Anda sangat ingin menikmati seafood, lebih baik pilih di tempat yang kebersihannya terjamin dan pesan ikan-ikanan, seperti tuna karena kaya akan Omega 3 (lihat daftar DO’s). RAW FOOD Hindari makanan-makanan yang biasanya disajikan mentah, seperti steak, sushi, atau sashimi. Kalaupun ingin memakan steak, pesan yang well done. “Jika makan sate,harus yakin bahwa semua bagian dagingnya sudah masak karena tusuk sate yang terbuat dari kayu tidak

A Note For Your Man Getting pregnant is a two-way street, honey, jadi jangan lupa untuk mengajak pasangan untuk bersama-sama melakukan check up. Kadang, Anda terlanjur mendaftar untuk rangkaian tes, tanpa mengecek kualitas sprema si dia terlebih dahulu. Untungnya, pria memproduksi sperma setiap harinya, sehingga ada kemungkinan produksi sperma selanjutnya memiliki kualitas yang lebih bagus. Kalau Anda tengah ingin hamil, maka segera pastikan pasangan Anda:

Stop Merokok. Apabila kehamilan merupakan prioritas, jangan jera untuk berulangkali mengingatkan pasangan akan hal ini. Berdasarkan penelitian, pria perokok cenderung memiliki kualitas sperma yang buruk, baik dalam hal volume, kepadatan, dan motilitas (kemampuan sel untuk bergerak aktif).

menghantarkan panas, sehingga ada kemungkinan daging di sekitar tusuk sate masih mentah,” ujar Dr. Kencana. Salah satu dampak dari memakan daging yang masih mentah adalah penyakit toxoplasmosis yang bisa mengakibatkan katarak atau pengapuran di otak bayi. OVER THE COUNTER DRUGS Ovulasi terjadi 14 hari sebelum menstruasi, maka apabila Anda terkena sakit pada saat itu, sebaiknya berhati-hati dalam mengonsumsi obat yang Anda beli. DO’: ASAM FOLAT Zat ini berfungsi untuk regenerasi sel-sel tubuh dan banyak ditemukan di sayur-sayuran hijau, seperti bayam dan asparagus, serta buahbuahan seperti kiwi dan alpukat. Sumber lainnya termasuk biji bunga matahari, putih telur, dan kacang-kacangan. It’s okay to take supplement, asal memenuhi asupan 400 mcg setiap harinya. OMEGA 3 Fatty acid ini sangat manjur untuk kesehatan otak. Anda bisa mendapatkannya dari ikan-ikan laut, seperti tuna dan salmon, serta kacangkacangan seperti kacang kedelai, flaxseed, dan walnut. Atau, Anda juga bisa membeli produk telur yang sudah diberikan kandungan Omega 3 di supermarket terdekat. SAFE SEX Penyakit-penyakit seksual seperti chlamydia atau gonorhea akan mengakibatkan terjadinya penyumbatan tuba fallopi atau saluran rahim, sehingga bisa menghalangi terjadinya pembuahan. CHECK UP MINIMAL SEBULAN SEKALI Pemeriksaan ini bisa berupa melakukan pap smear, sehingga apabila terjadi kelainan (seperti infeksi dan kista) bisa terdeteksi dan segera diatasi.

kan pasangan untuk tidak menggunakan celana ketat, berendam di air panas, bersepeda, dan sauna.

Hindari Bahan Kimia. Insektisida yang mengandung bahan kimia chlorpyrifos (TCPY) diduga bisa mengurangi kadar hormon testoteron pada pria sehingga sulit memproduksi sperma. Meski masih diperlukan penelitian lebih lanjut, tak ada salahnya mengingatkan pasangan Anda untuk senantiasa membaca label produk-produk yang mengandung bahan kimia. Sebagai gantinya, Anda juga bisa menyarankan agar pasangan berganti ke produk organik. Untuk membatasi resiko ketidaksuburan, para ahli fertilitas di negara-negara besar seperti Amerika dan Australia menyarankan pada para pria untuk beralih pada makanan yang dihasilkan dari bahan organik yang tidak mengadung pestisida. Hal ini karena kandungan pestisida yang telah menumpuk dalam tubuh bisa mempengaruhi tingkat kesuburan pria.

Batasi Minum Kopi. Konsumsi kafein yang berlebihan bisa menghasilkan efek yang sama dengan merokok. Selain itu, kafein juga bisa meningkatkan risiko produksi sperma yang abnormal. Kurangi Alkohol. Asupan alkohol dalam kadar berlebihan akan memperburuk kualitas dan jumlah sperma. Tidak hanya itu, alkohol juga bisa melemahkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi, seperti zinc yang merupakan mineral terpenting dalam kesuburan seorang pria.

Hindari Panas. Tahukah Anda, kalau kualitas dan kuantitas sperma paling buruk terjadi pada musim panas? Hal ini disebabkan karena dekapan hawa panas yang kelamaan “di bawah sana” akan mengganggu proses pembentukan sperma yang sehat. Maka, apabila hendak memulai proses mempunyai anak, anjur

DIAN 43


sosok

44 DIAN

D


DN Beauty

sosok

INDA awangwulan Baginya, makeup hanyalah sebatas alat yang bisa digunakan untuk menutupi kekurangan pada wanita. Namun, kecantikan adalah hal mutlak yang dimiliki setiap wanita. Dia pun menunjukkan kepeduliannya melalui kuas makeup. Siapakah dia? Oleh: Ifnur Hikmah

& N Cares

amanya Dinda Nawangwulan. Tak banyak yang mengenalnya, atau mungkin belum mengenalnya. Namun, dia bukanlah seorang wanita biasa yang bersembunyi di balik sapuan makeup. Dia justru tampil dan mengusung make up sebagai senjata. Sebagai seorang makeup artist, perempuan kelahiran 12 Oktober 1975 ini memang masih tergolong baru. Dinda mengaku menjejakkan kakinya di dunia makeup profesional sejak tahun 2007, setelah dia mengikuti kursus kecantikan di Martha Tilaar untuk kelas basic makeup selama satu tahun. Meski begitu, makeup bukanlah hal baru bagi perempuan ini. “Awalnya dimulai dibangku kuliah, dimulai dengan iseng mendandani keponakan, teman dan sahabat, semenjak itu mulailah menyadari bahwa sepertinya saya punya bakat di bidang tersebut dan kebetulan ada kesempatan untuk mendalami dengan mengambil kursus kecantikan,” ujarnya. Pilihannya benar. Berawal dari pemikiran bahwa akan sangat menyenangkan jika setiap wanita dapat menjaga kecantikannya melalui polesan makeup tanpa melakukan perubahan drastis seperti operasi, Dinda pun mulai menambah portofolionya. Dinda termasuk beruntung karena keinginannya ini mendapat dukungan penuh dari orang terdekatnya, termasuk suami dan sahabat. Diri sendiri adalah klien utama perempuan berambut pendek ini. “Saya suka bereksperimen dalam makeup terutama pada saat ingin menghadiri sebuah acara baik formal maupun informal,” tuturnya. Meski begitu, Dinda tidak memiliki satu tokoh khusus yang menginspirasinya dalam makeup. Keunikan yang dimiliki masing-masing pribadi, menurut Dinda, harus ditonjolkan. “Setiap orang mempunyai keunikan pada wajah, karakter dan jenis kulit yang berbeda, jadi makeup itu bisa bervariasi mengikuti konsep keseluruhan dari mulai rambut, pakaian dan acara yang akan di hadiri.” Dinda tidak setengah-setengah dalam menjankan profesi yang berawal dari hobi ini. Setiap klien adalah pribadi yang unik sehingga makeup yang dibutuhkan pun berbeda-beda. Hal ini diakalinya dengan menggali informasi dari klien untuk jenis makeup yang diinginkan. Namun, tak selamanya perjalanan perempuan penyayang anjing ini mulus-mulus saja. Ada kalanya klien tidak puas dengan hasil riasannya. Dinda tidak patah arang. Hal ini justru dijadikannya sebagai lecutan. “Kegagalan justru menjadi pengalaman yang menarik untuk saya. Disitulah saya belajar untuk menjadi lebih baik dan lebih sabar dalam menghadapi klien-klien yang mempunyai keinginan dan karakter yang berbeda dan disitulah saya tidak berhenti untuk belajar,” ujarnya.

Make Up=Business Meski berawal dari hobi, Dinda tidak menutup mata akan keuntungan ekonomi yang bisa diraih dari talentanya ini. Menjadi seorang makeup artist, Dinda tidak hanya bisa memuaskan keinginannya, tapi juga menjadikannya sebagai ajang berbakti. Kemampuan yang dimilikinya itu diajarkan kepada orang lain melalui Beauty Class yang rutin diajarkannya. “Dengan membagi ilmu yang saya dapat dari kelas kecantikan yang saya ambil, harapan saya adalah membantu mereka untuk dapat ber-makeup dengan benar dan disesuaikan dengan karakter serta bentuk wajah. Kelas ini juga berguna untuk menggali kemampuan

DIAN 45


sosok

Beauty and Cares Perjalanan hidup Dinda cukup berliku. Saat usianya baru menjejak awal 30 tahun, dia divonis menderita kanker payudara. Keberhasilannya melawan penyakit mematikan itu membuat Dinda, bersana dengan almarhum suaminya, membentuk sebuah komunitas bernama Pink Shimmer inc yang concern terhadap breast cancer. Komunitas yang menjadi bagian dari program charity Shimmer inc ini memfokuskan diri bagi penderita kanker payudara. “Saya adalah survivor Kanker Payudara, didiagnosa pada umur 30 tahun. Hal inilah yang mendorong saya untuk aktif dalam mengkampanyekan kesadaran memeriksakan payudara pada setiap perempuan Indonesia. Tujuannya adalah untuk mencegah keterlambatan penanganan bila sudah terdeteksi kanker payudara,” tuturnya. Hingga saat ini, kegiatan Pink Shimmer inc adalah melakukan kampanye melalui media sosial seperti twitter dan facebook serta mengadakan gathering dengan para survivor atau pasien untuk berbagi pengalaman yang bisa membantu serta memberikan semangat satu sama lain. Kegiatan lain baru saja Dinda Says: dilakukan bulan Oktober Kecantikan belalu. Selama tiga hari, rawal dari kulit bertempat di Grand wajah yang sehat, Indonesia berlangkarakter yang menysung pameran dan enangkan dan inner lelang foto para beauty. Make up hany- survivor dan pasien alah pelengkap sehpenderita kanker ingga seorang wanita payudara bertajuk akan terlihat lebih “Tidak Sendiri”. Kisah menarik dan percaya perjuangan mereka diri. disajikan dalam bentuk cerita pendek dan fotofoto.

46 DIAN

“ Pameran ini bertujuan menyampaikan pesan bahwa mereka tidak sendiri dalam menghadapi penyakit tersebut, bukan untuk mengeskploitasi penyakit yang diderita. Foto-foto yang ditampilkan mengangkat perjuangan mereka dalam melawan kanker. Kami menyuguhkan foto-foto para survivor yang telah kami dandani sehingga tetap terlihat cantik dan sehat,” urai Dinda. Dalam proyek ini, Dinda berperan sebagai koordinator acara sekaligus makeup artist untuk para survivor yang menjadi model. Hasil riasan Dinda dijepret oleh rekannya di Shimmer inc. Adapun keseluruhan hasil lelang fotofoto tersebut sepenuhnya disumbangkan kepada Yayasan Kanker Indonesia. Bagi Dinda, Pink Shimmer inc adalah bentuk nyata kepeduliannya. Dinda juga melihat kaitan erat antara komunitas ini dengan profesinya sebagai seorang makeup artist. “Hubungan antara Pink Shimmer Inc dengan profesi saya sebagai makeup artist sebatas bagaimana saya bisa berbagi dalam membangkitkan kesadaran para perempuan dari ilmu yang saya miliki dan pengalaman hidup yang saya jalani selama pengobatan dari kanker payudara untuk merawat diri agar sehat dan terlihat cantik,” urai perempuan yang rela membotaki rambutnya saat menjalani proses pengobatan. Terbukti bahwa pengalaman adalah guru yang paling baik. Pengalaman pahitnya saat divonis penyakit mematikan justru melecut semangat Dinda untuk terus meraih impiannya. Dia tidak menyerah. Melalui polesan make up, Dinda berbicara. Melalui barisan eye shadow, eyeliner, blush on, lipstick dan makeup kit lainnya, Dinda menyuarakan kepeduliannya. Satu hal yang begitu diyakininya, bahwa cantik adalah milik semua perempuan dan makeup hanyalah sebatas alat agar perempuan terlihat lebih menarik dan lebih percaya diri. Cantik dan peduli, ya itulah gambaran seorang Dinda Nawangwulan.

Foto: dok. Pribadi

mereka dalam bidang makeup sehingga mereka dapat menggunakan ilmu tersebut di kemudian hari bagi dirinya maupun bagi orang lain disekitarnya,” ujarnya saat ditanya alasan mengadakan beauty class ini. Beauty class diadakan setiap akhir pekan (Sabtu dan Minggu) dan disesuaikan dengan jadwal Dinda. Mengenai tempat, biasanya disesuaikan dengan lokasi murid yang ikut ambil bagian dalam kegiatan ini. Namun, kelas ini seringkali diadakan di Sinou Kaffee yang terletak di bilangan Panglima Polim. Hingga saat ini, Dinda masih menjalankan beauty class ini seorang diri. Bisnis yang dilirik bukan hanya seputar beauty class. Bersama dengan almarhum suami (Alexander Abimanyu -red) dan beberapa teman fotografer, Dinda membentuk Shimmer inc. Jenis usaha yang ditangani oleh Shimmer inc cukup beragam, seperti proyek foto dan makeup untuk iklan TV, wedding dan pre wedding, beauty class, company portfolio, fashion, video klip dan sebagainya. “Berawal dari berkumpulnya teman-teman seprofesi dan kami bersama-sama ingin membuat suatu usaha dari keahlian kami masing-masing di bidang fotografi dan makeup yang tentu saja sangat berhubungan,” ceritanya mengenai awal mula berdirinya Shimmer inc. Saat ini Shimmer inc dijalankan oleh Dinda bersama dua sahabatnya yang berprofesi sebagai fotografer, Adi Siagian dan Iqbal Abidin.


konsultasi DIAN bekerjasama dengan Natasha Skin Care siap untuk menjawab segala permasalahan Anda seputar kecantikan dan perawatan tubuh.

Q

Q

A

A

Dimulai dari umur berapakah botox aman dilakukan? Oh ya, kira-kira, apa efek samping dari treatment ini? Luna, Jakarta Suntikan protein yang dihasilkan oleh clostridium botulinum bacterium ini dapat dilakukan dari mulai umur 18 tahun atau lebih muda jika dibutuhkan. Misalnya, untuk alasan estetika yang menyangkut masalah kesehatan. Treatment ini merupakan perawatan sederhana dan bukan operasi, meski pada kasus tertentu dapat menimbulkan efek samping seperti sakit kepala, flu syndrome hingga nausea.

Q

Apakah benar mitos yang mengatakan timbulnya dark spots merupakan tanda bahwa fungsi hati terganggu dan mulai tidak berfungsi dengan seharusnya? Sasha, Jakarta

A

Dark spots sama sekali tidak ada hubungannya dengan kesehatan organ tubuh. Ini murni masalah kulit yang disebabkan oleh terlalu seringnya kulit terpapar sinar matahari, sehingga meruska pigmen yang terdapat di dalamnya. Dark spots yang juga dikenal dengan lever spots diambil karena warnanya cokelatpada permukaan kulit menyerupai warna dari organ hati. Hindari problema ini dengan rajin mengaplikasikan sunblock minimal SPF 25 sehari-hari.

Q

Kelingking saya menjadi pipih dan menghitam akibat terjepit sepatu. Kukunya pun menebal sehingga terlihat tidak cantik. Harus bagaimana mengatasinya? Nadia, Bandung

Foto:Istimewa

A

Jangan panik! Coba gunakan nail softener pada bagian kuku yang menebal dan lakukan pedikur seminggu sekali untuk membantu membentuk kembali kuku yang telah rusak agar terlihat cantik, atau untuk hasil yang instan, lapisi kuku dengan nail polish berwarna cerah untuk mengkamuflase kondisinya.

Q

Saya ingin sekali memakai lipstic warna pink pucat seperti permen, tetapi di bibir saya warnanya tidak pernah bisa keluar meski sudah diolesi foundation. Apakah ada teknik khusus menciptakannya? Ratih, Jakarta

Setiap kali hendak membuka sepatu, saya merasa kurang percaya diri akibat aroma tak sedap yang kerap mengganggu. Apa penyebabnya, ya? Mitha, Semarang Kemungkinan Anda kerap memakai sepatu tertutup dalam keadaan kaki yang masih lembab. Atasi dengan rajin mencuci kaki secara teratur untuk menghilangkan bateri penyebab bau tak sedap. Coba produk dengan kandungan menthol sehingga dapat membersihkan kaki sekaligus membantu sirkulasi darah dan membuat kaki yang lelah terasa lebih ringan.

A

Beberapa warna kulit dan bibir. terutama yang lebih gelap atau memiliki rona kecokelatan, memang menyulitkan saat diaplikasikan lipstik warna pucat. Coba gunakan pelembab bibir terlebih dahulu, lalu pulaskan lipstik warna pink (pilih warna pink yang agak gelap atau fuchsia sebagai base, untuk menututpi warna asli bibir), kemudian sebagai sentuhan akhir gunakan eyeshadow warna pink pucat. Oleskan dengan cara ditepuk-tepukkan perlahan. Trik ini akan menciptakan warna pink muda bertekstur matte yang lembut dan cantik.

Q

Bagaimana caranya mencerahkan ketiak yang menghitam? Produk deodoran yang mencerahkan nampaknya tidak membantu. Apakah kebiasaan saya mencukur ketiak menjadi penyebabnya? Kristy, Bandung

A

Kebiasaan mencukur bulu meningkatkan resiko timbulnya ingrown hair (bulu yang tumbu dan terperangkap di bawah kulit hingga menimbulkan warna hitam yang gelap pada kulit). Mencukur juga bisa menyebaban iritasi pada kulit sensitif yang menjadikannya menggelap. Coba hentikan kebiasaan mencukur dan ganti dengan teknik waxing, hindari juga penggunaan hair removal cream. Kulit mati yang terperangkap juga bisa jadi salah satu penyebab menghitamnya ketiak, untuk membantu proses eksfoliasi, coba gosok area ketiak dengan batu apung sekali sehari, setelah Anda membersihkan tubuh dengan sabun. Coba cari deodoran Anda dengan produk yang tidak menggunakan pewangi tambahan.

DIAN 47


panduan

Hair vs Better Job Bukan hanya kemampuan kerja saja yang harus dimiliki wanita seperti Anda. First good impression saat melakukan interview kerja pun juga. Caranya? Simak trik dari DIAN berikut!

Beauty Blunders THICK FOUNDATION Semakin tebal polesan, semakin flawless kulit yang Anda dapatkan. Kenyataannya, hal ini justru membuat penampilan Anda terlalu berat dengan mempertegas garis-garis halus pada wajah. HEAVY CONCEALER Penggunaan concealer pada seluruh area mata, apalagi jika warna yang dipilih terlihat jauh lebih muda dari nuansa kulit Anda. Hasilnya? Kantung mata serta garis halusnya malah terlihat lebih jelas. Pemakaian concealer yang benar adalah dengan mengaplikasikan produk dengan warna yang tepat hanya pada area yang bermasalah. BRONZING THE EYE AREA Mengaplikasikan bronzer terlalu dekat dengan area mata akan membuat tampilan mata menjadi gelap dan kusam. Lebih baik, aplikasikan bronzer pada area puncak pipi mengarah ke pelipis. OVER-TWEZZED EYEBROW Tak perlu dipertanyakan. Alis botak bukan hanya membuat tampilan Anda bertambah beberapa tahun, tetapi juga membuat Anda terlihat tidak cantik. DARK LIP COLOR Anda memiliki garis-garis evrtikal halus pada permukaan bibir? Hmmmm, lipstik warna gelap akan mempertegasnya. Lebih baik, pilih sheer lip gloss dalam warna natural. Selain tidak akan ada yang memperhatikan garis-garis tersebut, bibir pun akan terlihat lebih penuh dan segar.

48 DIAN

•

Kissable Lips Faktanya, pria tak tahan dengan sentuhan kecupan berikut: lembut dengan pillowy lips yang memiliki rona merah menggoda. Untuk mendapatkan efek tersebut, Anda memerlukan ekstra moisturizer untuk mendapatkan plumpness dan sheer color yang memikat. 1. Aplikasikan lip balm dengan gerakan memutar selama 30 detik untuk melancarkan peredaran, sekaligus membuat kulir bibir tidak kering. 2. Raih nuansa lipstik sesuai nuansa bibir. Lakukan gerakan sedikit menekan lipstik pada permukaan bibir, bukan dengan memulaskannya langsung. Anda akan mendapatkan sentuhan akhir bak satin yang sangat antural. Inilah yang menjadi goal Anda. Jika nuansanya terasa terlalu berlebihan, raih cotton buds untuk menghapus palet warna yang berlebihan 3. Terakhir, lapisi dengan lip gloss.

Teks: Marissa Anugrah. Foto: Istimewa

Simak beberapa kesalahan berikut yang bisa membuat rona wajah Anda malah menjadi beberapa tahun lebih tua!

•

• Tampil effortless merupakan kunci utama ketika melakukan interview kerja. Namun, bukan berarti tatanan rambut terlihat berantakan seperti baru saja terbangun dari tidur. Jika Anda memiliki rambut frizzy, pastikan untuk menggunakan kondisioner ketika mencuci rambut atau gunakan leave on serum sebelum berhadapan dengan calon atasan Anda. • Bad hair day? Ikat saja rambut Anda menjadi ponytail tinggi. Hindari untuk mengeriting bagian ujung rambut yang diikat karena hal ini melah memberikan kesan kekanak-kanakan. Beri first impression yang kuat, positif serta percaya diri dengan menata rambut menjadi bun. Yup, gaya ini memang cocok untuk digunakan pada beragam tekstur rambut. Cukup ikat rambut Anda dan lilit sesuai dengan keinginan. Jangan lupa semprotkan hairspray untuk menjaga bentuk indahnya. Jangan sampai keindahan rambut terganggu dengan tumbuhnya uban di kepala Anda. Oleh karenanya, pastikan Anda telah mewarnai rambut yang beruban tersebut dengan padanan warna yang cocok dengan kulit wajah. Jika Anda mendapatkan panggilan interview mendadak, cukup semprotkan pewarna rambut sementara yang bisa hilang dengan satu kali bilasan sampo.


panduan

TAHUKAH KAMU? Yoghurt yang dibuat dari susu murni dan difermentasikan dengan campuran bakteri streptococcus thermophilus dan lactobacillus bulgaricus ini membantu menguraikan gula susu menjadi asam laktat hingga aman dikonsumsi oleh Anda yang alergi terhadap susu. Kandungan vitamin B kompleks seperti B1, B2, B3, B6, asam folat, asam pantotenat, dan biotin yang terkandung didalamnya, membantu tidak hanya menjaga keindahan sistem reproduksi serta kekebalan tubuh, tetapi juga mempercepat proses peremajaan sel. Aloe vera atau lidah buaya yang dikenal sejak tahun 1500 SM, telah lama dikenal sebagai tanaman keabadian. Lalu apa yang paling berguna dari tanaman ini? Tentu saja daunnya yang berlendir, di mana semakin tua lidah buaya maka semakin banyak pula kandungan bermanfaat yang dimilikinya. Zat ini sangat berguna untuk tubuh, mulai dari 18 macam asam amino, karbohidrat, lemak, air, vitamin, mineral, enzim, dan sebagainya. Bagi kulit Anda, antioksidan yang terkandung di dalam aloe vera berguna untuk mencegah penuaan dini dan merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit. Selain itu, kandungan lignin pun berperan untuk menjaga kelembaban dan mencegah alergi pada kulit. Dr. Paul Lachange dari Rutgers University , Amerika Serikat, meneliti kepadatan nutrisi dari 27 jenis buah-buahan popular di dunia. Tebak buah apa yang menduduki peringkat pertama? Kiwi! Selain rendah lemak dan kalori, kiwi juga kaya serat, terutama kiwi gold yang kulitnya bahkan bisa dimakan. Ternyata bukan apel atau pir saja yang kulitnya bisa dimakan.

Teks: Marissa Anugrah. Foto Istimewa

Selain sempurna untuk santapan, kedelai juga bermanfaat untuk kecantikan. Kandungan isoflavon di dalamnya mampu mencegah penuaan dini seperti kulit berkerut dan rambut beruban. Isoflavonnya juga tidak mudah rusak, meski sudah direbus atau digoreng. Dengan rutin mengonsumsi isoflavon minimal 20 gram per hari, Anda sudah pasti awet muda. Selain itu, kedelai juga mengandung bahan aktif antioksidan yang bisa menyuburkan rambut, memperkuat tulang, dan menjaga kelembaban kulit. Kedelai yang bisa merangsang pertumbuhan rambut secara alami, sehingga rambut Anda akan terhindar dari kebotakan sehingga Anda senantiasa terlihat cantik. Ada beberapa hal yang disinyalir menjadi perusak unsur amino sebagai komponen utama batang rambut, seperi menyisir rambut, paparan sinar matahari, cara keramas dan sebagainya. Sudah tahu manfaat royal jelly yang dapat menjaga kelembaban rambut? Formula aktif seperti protein, amino acid, glucid, fruktosan dan glukosa, li[id, vitamin B1, B2, B5, B6, garam mineral, sampai oligo element, mampu bekerja sama memulihkan sel keratin yang rusak. Jika dijadikan satu, beberapa elemen di atas bisa menjelma layaknya hydrolyzed keratin yang mengisi kembali keratin yang rusak.

Get The Look! Busana sehari-hari, tatanan rambut, hingga riasan wajah tentu dapat menampilkan diri Anda. Hmm, siapa tahu beberapa selebritis berikut bisa menjadi inspirasi Anda,

RomanticLady Kesan feminin memang sudah menempel begitu lekat pada Nadine Chandrawinata. Bagaimana dengan Anda? Finger wave yang terkesan seksi tetapi tetap innocent bisa menjadi pilihan yang tepat. Dan tentunya smoky eyes dengan sentuhan bronze pada kelopak mata untuk tampilan yang seduktif.

Gothic Chic Salah satu model Indonesia, Kimmy Jayanti selalu hadir dengan personal look-nya. Kesan gothic yang kini diusungnya tentu dapat Anda tiru ketika. Triknya? Smudge eyeliner yang tebal pada kelopak mata dan bagian bawah mata Anda. Namun, satu hal yang harus dihindari, red lipstick is too overated, ladies!

Casual Babe Aktris cantik Cathy Sharon lebih memilih riasam natural untuk kesehariannya. Cobalah mengaplikasikan tinted moisturizer agar foundation pada wajah tidak terlihat terlalu tebal. Riasan mata? Cukup aplikasikan eyeliner pensil dengan tipis, lalu ditambah dengan maskara yang cantik.

Retro Lover Si cantik Luna Maya tak pernah absen dari boho look-nya. Anda juga? Fokuskan perhatian pada mata. Bingkai mata dengan eyeliner hitam dengan cara menggambar garis tebal dan tegas, lalu sapukan maskara untuk mata terlihat lebih bersinar. Sempurnakan total look Anda dengan bibir pink natural.

DIAN 49


panduan


panduan


asmara

“KAPAN NIKAH?� Jika pertanyaan sensitif itu datang saat hormon sedang tidak bersahabat, rasanya ingin sekali menyumpal mulut si penanya. Tapi tenang, tak perlu cara kasar karena DIAN punya trik sopan untuk membungkam mereka! Oleh: Marissa A

52 DIAN


asmara

P

esta pernikahan dan acara keluarga seringkali jadi mimpi buruk bagi mereka yang single. Dengan ketiadaan seorang pria di sisinya, acara bahagia ini bisa jadi arena untuk menanyakan mengapa Anda belum juga menemukan pria yang tepat. That’s why Anda jadi merasa seperti gladiator yang masuk kandang singa. Masalahnya, Anda sendiri bahkan tidak tahu jawabannya. Tapi, bukan berarti Anda juga bebas perkara jika datang bersama kekasih. Apalagi jika sudah berhubungan cukup lama, namun belum terlihat kilauan cincin tersemat di jari. Terlebih lagi, kalau hubungan Anda sudah terjalin lebih lama dari pasangan pengantin di hari itu. Di situlah Anda, berdiri untuk mengucapkan selamat kepada pengantin baru yang sedang berbahagia, sampai akhirnya ia mengedipkan matanya dan berbisik, “Selanjutnya giliran kamu,” sambil melirik penuh arti ke arah kekasih yang ada di sebelah Anda. Dan ini belum selesai! Masih ada sanak keluarga yang seraya tersenyum berkata pada kekasih Anda, “Kapan nyusul nih?”. Saat itu juga Anda bisa merasakan tubuh kekasih bergidik sejenak dan mendadak mampu membaca pikirannya yang berharap ia berada di tempat lain –di mana saja selain di situ. Tekanan untuk menikah adalah fenomena yang disadari atau tidak, sangat mengganggu. Tidak peduli berapapun usia Anda, dan betapa bahagianya hidup Anda dengan hubungan yang ada, jika itu sudah dijalani lebih dari satu tahun, sepertinya semua teman, keluarga (bahkan orang tak dikenal sekalipun) berharap Anda segera melangkah ke jenjang tertinggi –yaitu pernikahan. Oke, seharusnya Anda senang karena semua orang ikut memikirkan Anda, tetapi kalau komentar dan pertanyaan itu terus menerus datang, walau bercanda sekalipun, tentu bisa membuat Anda tertekan. Bukan tidak mungkin ini bisa mulai memengaruhi mental Anda atau hubungan yang tengah dijalani. Memang mudah rasanya untuk terbawa suasana gembira pernikahan –cincin, pesta dan perayaan, siapa yang tidak mau?- tapi faktanya, pernikahan adalah subuah keputusan penting yang akan mengubah hidup Anda seluruhnya, dan tidak ada yang lebih berhak dalam keputusan itu selain Anda dan pasangan.

“Tekanan itu tidak akan berhenti saat Anda menikah kelak.“

Girlzilla’s Coming Lisa, 28, yakin kalau teman-teman yang selalu menanyakan kapan pacarnya akan melamar, sudah memengaruhi hubungan yang dijalaninya selama ini.

DIAN 53


asmara

Romantic + Financial Decision

10 Fun Answers To Try! Life is full of fun . Yuk, sedikit bersenang-senang dengan bikin mereka kaget sama jawabanmu. Siap-siap saja menahan tawa melihat ekspresi mereka. Dijamin, mereka bakal bungkam setelahnya.

Q= KAPAN NIKAH? 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10.

Saat pasangan selebriti akan menikah, mereka akan merayakannya dalam pesta mewah secara besar-besaran. Tapi untuk sebagian besar orang, apalagi dengan biaya pernikahan saat ini yang sudah semakin tinggi, menikah juga merupakan keputusan finansial –selain keputusan romantika. Miranda, 26, yang sudah pacaran tujuh tahun bercerita. “Teman-teman dan keluarga saya bertanya kapan pacar saya akan melamar. Mereka bertanya setiap hari ulang tahun saya, hari Valentine, bahkan hari Natal. Semua mendorong saya untuk menikah,” ceritanya. “Saya yakin kalau ia adalah pria yang ingin saya nikahi, tapi saat ini keuangan kami belum cukup untuk menggelar acara itu. Saya tidak mendambakan sebuah pernikahan yang mewah, tapi kami tetap harus menabung untuk menikah dan kehidupan setelah menikah. Saya bahagia dengan keadaan saat ini.”

The Magic Moment... Ruined Jika tekanan untuk menikah berhasil menguasai Anda, ketika pada akhirnya Anda dilamar, hasilnya bisa jadi malah antiklimaks. Temanteman dan keluarga yang sudah berharap-harap dari dulu, membuat semua spontanitas itu hilang –dan merusak momen romantis dan berharga tersebut. Yang paling penting Anda ingat adalah jangan membiarkan orang lain memengaruhi Anda. Ingat, Andalah yang punya kendali dari hubungan yang sedang Anda jalani, bukan mereka. Renata, 31, tahu bagaimana rasanya. “Setiap kali kami pergi, teman-teman mengira Thomas akan

54 DIAN

Sambil berbisik bilang, “Saya sudah menikah.” “Minggu depan.Belum terima undangannya ya?” Balik bertanya, “Kapan Anda bercerai?” “Secepatnya! Sebelum ‘ini’ terlihat,” seraya pura-pura mengelus perut. “Wah, saya baru saja menolak lamaran seorang pria.” “Setelah urusan perceraian saya beres.” “Kenapa? Mau melamar saya ya? Kok mendadak banget?” “Menurut statistik, kemungkinan bercerai turun setengahnya kalau menikah setelah usia 30 tahun lho.” “Tidak tahu. Tanya saja dia,” sambil menunjuk kekasih Anda. “Kapan-kapan deh.”

melamar saya,” jelas Renata. “Ketika kembali dengan jari tanpa cincin, mereka semua kecewa, dan itu terjadi setiap kali. Sampai pada akhirnya Thomas benar-benar melamar saya saat kami kembali dari Bali. Di momen romantis itu, bukannya bersuka cita, saya malah berkata ‘Memang sudah saatnya’. Ketika saya menunjukkan cincin tunangan itu kepada teman-teman, mereka juga bereaksi sama. Saya merasa semua momen indah itu telah dirusak. Sekarang saya dan Thomas telah menikah dan hal itu tidak berpengaruh apa-apa. Tapi waktu itu saya sempat kecewa dan yakin kalau itu semua karena tekanan yang diberikan oleh teman-teman.

Santai Saja Penting bagi Anda untuk tidak ambil pusing dengan apa yang orang lain katakan tentang Anda dan pasangan. Selain perasaan Anda berdua yang menjalani hubungan itu jauh lebih penting, tanamkan dalam mind-set bahwa apa yang orang lain pikirkan sama sekali bukan urusan Anda. Lagipula, tekanan itu tidak lantas berhenti saat Anda menikah kok. Tak lama setelahnya, mereka akan bertanya, “sudah ‘sis’?” atau “Kok belum hamil sih?”. Setelahnya lagi, “Kapan mau dikasih adik? Kasihan lho si abang main sendirian.” Sampai ke pertanyaan, kapan mau pindah ke rumah sendiri. Babes, you really can’t win this! Walau pertanyaan mengesalkan itu datang terus-menerus, Anda tidak sendirian kok. Para selebriti wanita juga mengalami hal yang sama, ditanyai kapan mereka akan menikah. Pia, 31, vokalis band Utopia biasanya akan menjawab, “Hmmm, sebentar. Saya tanya Tuhan dulu ya. Kalau tidak, Anda tanya sendiri saja, hahaha. Serius, itulah biasanya jawaban saya.” Sementara wanita cantik yang dikenal sebagai presenter, Anya Dwinov, 28, juga punya jawaban ampuh untuk menjawab pertanyaan tersebut. “Biasanya sambil tersenyum saya berkata ‘Kenapa tante, oom, apa ada yang mau dikenalkan ke saya?” See? You’re not alone, ladies! Jadi, buat apa memusingkan itu semua? Santai saja dan nikmati hidup Anda.

Foto: Betania, Istimewa

“Saya yang tadinya happy-happy saja berubah menjadi sosok ‘girlzilla’ di mata kekasih. Dari menyindirnya tentang teman-teman yang akan menikah sampai menunjuk cincin idaman di toko perhiasan. Padahal sebelumnya, pemikiran untuk menikah belum ada di kepala saya. Kalau terus-terusan begini, saya tidak yakin ia bakal ingin menikahi saya.” Kalau Anda ‘korban’ dari hal ini, yang perlu diantisipasi adalah jangan biarkan momen indah lewat begitu saja gara-gara ekspektasi yang ditanam oleh suara-suara di sekeliling Anda. Contohnya, saat si dia mengajak Anda berakhir pekan romantis berdua. Alih-alih relaks dan menikmatinya, samar-samar Anda mendengar suara teman-teman yang bertanya lewat sms, “Dia sudah melamarmu belum?”. Anda kemudian jadi risau memikirkan kapan saatnya dia akan pop the question. Ya, kalau ia melamar. Kalau tidak? Liburan romantis yang sudah ia rencanakan hanya membuat hati Anda berkeping, bahkan bisa tercipta adu argumen yang semestinya tidak perlu terjadi. Rugi banget kan? Jadi, jika Anda dan dia siap untuk menikah, pastikan kalau itu bukan karena orang-orang di sekeliling Anda yang berpikir sudah saatnya kalian menikah.


dunia pria Read My Lip-Sign, honey!

Halo, sayang?

Bibir pria tidak pernah dapat menipu, itulah yang diakui para ahli bahasa tubuh. Perhatikan, ladies, dari cara ia menggerakkan bibirnya Anda akan tahu apa yang dia pikirkan. • Dia Menyunggingkan Senyum. Mungkin si dia akan terlihat aneh saat bibirnya tertarik ke samping lalu mengarah ke atas. Yang sebenarnya terjadi adalah, ia ingin tersenyum, tapi ia merasa self-conscious. Perlu Anda ketahui kalau bagi pria, menunjukkan perasaan positif merupakan hal yang sulit. So, senyum simpulnya tesebut merupakan seringai besar yang tertahan. • Dia Mengatupkan Bibir Well, mungkin si dia sendang ada masalah atau menyimpan berita kurang menyenangkan untuk Anda. Cara ia mengerutkan kedua bibir seakan berusaha untuk menahan kata-kata yang akan dilontarkannya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tampilan bibir seperti ini untuk membantu menghilangkan kegelisahan Anda, karena Anda telah mengantisipasi apa yang akan dikatakannya. • Menutup Bibir dengan Tangannya Sesuatu (atau mungkin Anda) membuatnya gugup. Membelainya bisa jadi salah satu cara ampuh untuk menenangkannya. Hal ini juga berlaku saat si dia merasa deg-degan dan speechless saat bersama Anda. • Dia Menggigit Bibir Yeah baby, dia tampil sangat seksi! Lidah yang mengunyah merupakan hal mengunyah merupakan hal yang dilakukan pada sesuatu yang yummy. So, tanpa disadari dia menggigi bibirnya sendiri, dan ia pun membayangkan lidahnya sedang “beraksi” di dalam mulut Anda.

Tangkap maksud dari nada bicara si dia saat menelepon. MELEDAK Si dia sedang butuh perhatian. Mungkin dia sedang merasa tidak nyaman dan membutuhkan sosok yang bisa menenangkannya. DALAM Nada bariton merupakan indikasi bahwa si dia membutuhkan intimasi yang sensual. MENGOMEL Secara emosional, si dia bisa dikatakan paling agresif. Minta dengan baik agar dia merasa tenang, dan dia pun bisa mengulangi maksudnya secara perlahan. TERENGAH-ENGAH Jika nada bicaranya terdengar naik turun, berarti itu menandakan bahwa ia sedang emosi. Atau bisa jadi, si dia ingin memberikan kabar yang membuatnya bersemangat.

85%

85%

pria mengaku tak pernah selingkuh selama hidupnya.

pria mengaku tak pernah mengerti jalan pikiran pasangannya.

(www.match.com)

(www.askmen.com)

Pelajari Bahasa Tubuhnya

Si dia ingin serius dengan Anda? Yuk, selidiki dulu gerak tubuhnya, apkah ia benar-benar sang Mr. Right! MEMEGANG AREA PINGGUL. Tanpa disadari, Anda dan pasangan kerap mendaratkan pelukan di sekitar lingkar pinggang. Tandanya, jalinan cinta Anda tak hanya sekadar sebuah hubungan semata. Namun, Anda bisa juga menjadi teman sharing yang tepat. So, semua masalah dalam hubungan dengan mudah dilalui bersama. Percayalah, merasa nyaman juga bisa memengaruhi tingkat kepercayaan Anda dengan si dia, lho! SENTUH DAN CIUM! Terkejut melihat ia mengekspresikan rasa cintanya kepada Anda? Semisal mendekatkan wajahnya ke wajah Anda saat berbicara atau sekedar ingin menatap wajah Anda. Ini tanda kalau ia punya rasa sayang yang mendalam. Hmm, selain Anda makin terikat dengannya, Anda juga akan merasakan suasana yang superromantis. TATAPAN LEMBUT. Si dia kerap melayangkan pandangan ke arah Anda, sambil merapikan geraian rambut Anda yang terurai. Honey, saat hal itu terjadi di area umum, berarti ia ingin segera mendeklarasikan jalinan cintanya ke jenjang yang lebih serius. Bahkan, di dalam hatinya ia ingin berujar, “Yes, I want to take cere of you.” Sweet!

Ingin pasangan melakukan sesuatu untuk Anda? Inilah strategi dan trik yang tepat.

07.00 Seks. Tubuh pria akan memompa testosteron pada saat mereka tidur, dan akan meluap pada saat mereka terbangun. So, pagi adalah waktu yang tepat untuk mendapatkan tingkat libido yang maksimum.

Teks: Marissa Anugrah. Foto: Istimewa

11.00 Memindahkan barang berat atau bekerja di rumah. Cortisol dan adrenalin, hormon yang menyalurkan energi ke tubuh, akan meningkat saat tengah hari. Jadi, jika Anda membutuhkan bantuan tenaga “buruh”, inilah saatnya.

14.00 Mendengarkan Anda. Testosteron si dia perlahan akan menurun seiring dengan semakin siangnya hari. Ini menandakan, dia akan menjadi mellow dan dengan senang hati akan mendengarkan apapun yang Anda ceritakan kepadanya.

20.00 Bersenang-senang. Si dia akan fokus pada sesuatu yang lebih menghibur sebelum beranjak tidur., karena saat ini menjadi puncak dari siklus aktivitas tubuh, coba pilih pemainan yang Anda berdua sukai, atau minta si dia memainkan lagu kesayangan Anda dengan gitar.

Saat Si Dia Untuk Anda DIAN 55


seks

Start Your Day With a Bang!!! Selamat pagi. Ini waktunya Anda dan pasangan menikmati ‘sarapan’ di ranjang sebelum memulai hari. Namun, jangan salah. Sajian yang dimaksud bukanlah sosis plus omelet. Oleh: Gusti Ayu MM

A

Anda ketahui adalah mereka tak melulu melihat ereksi itu, lantas kembali tidur. Mereka justru ingin mengerahkan perangkat keras tersebut. “Tentu saja karena testosteron merupakan kontributor terbesar terhadap perasaan seksual yang dirasakan laki-laki,” tambah Hanry Fisch. Dengan kata lain, mereka siap tempur begitu alarm alami berbunyi. Sebaliknya, sebagai perempuan, sangat bisa dimengerti bila Anda layaknya sapi malas yang jauh dari definisi seksi saat bangun pagi. Namun, menjadikan aksi nakal sebagai aktivitas pertama yang Anda dan pasangan lakukan untuk memulai hari, ternyata memberikan banyak manfaat.

Foto: Istimewa

nda semua tentu sudah tahu bahwa laki-laki sangat bergairah di pagi hari. Laki-laki hanya perlu meraba ‘tongkat ajaib’ mereka yang mengeras untuk membuktikan bahwa alat tempurnya tersebut dapat beroperasi layaknya alarm. Silakan saja Anda menyelahkan hormon testosteron. Menurut Henry Fisch, MD, penulis Sizes Matters. “Tingkat testosteron laki-laki berada pada puncaknya setelah matahari terbit.” Menurut penjelasan biologis, laki-laki bangun dalam kondisi ‘keras’ sebagai akibat sirkulasi darah ke penis yang meningkat semalaman dan membuatnya ‘berdiri’. Terjaga lalu mendapati sesuatu yang tegang di antara paha seperti itu bukanlah hal baru bagi laki-laki, tetapi yang mungkin baru

56 DIAN


seks Erotic Awakening Merasa beragam manfaat tadi sekedar teori dan belum cukup meyakinkan Anda untuk bergumul mesra di pagi hari? Bagaimana kalau satu janji konkret ini: seks yang luar biasa? Ya, kesampingkan sejenak fakta nafas naga dan muka sarat jejak bantal karena seks hebat menanti Anda. Dewinta, 30, berani memberikan validasi. “Biasanya saya akan segera melarikan diri ke kamar mandi bila suami mulai menunjukkan tanda-tanda hendak mengajak ‘olahraga pagi’ di ranjang. Tentu saja saya risih. Belum sikat gigi, wajah semrawut, dan jujur saja, seks adalah hal terakhir yang terlintas di benak saya,” akunya. “Tapi, suatu pagi yang indah berhasil mengubah pandangan saya. Saya terbangun dengan sensasi nikmat. Ternyata suami bergerilya di dalam selimut, memberikan servis lezat di bawah sana. Jika sudah seperti itu, bagaimana saya bisa menolak? Ya, laki-laki memang paling horny di pagi hari. Tapi ternyata bukan itu saja. “Semua testosteron yang terhimpun sejak semalam, ditambah dengan istirahat cukup selama waktu tidur menghasilkan tenaga berlipat ganda begitu dilampiaskan pertama kali di pagi hari,” kata Ariene Goldman, Ph.D., penulis Psychology Today Here to Help: Secrets of Sexual Ecstasy. Jangan sia-siakan tenaga si dia yang telah terakumulasi sejak malam. Manfaatkan daya tahan tersebut untuk kepuasan Anda. Bila Anda mendamba sesi panas yang lebih lama, lancarkan posisi woman on top. Posisi ini memberikan stimulasi pada penis sehingga durasi bercinta diperpanjang, terlebih bila Anda melakukannya pelan-pelan. Love at First Light Bila woman on top terbilang posisi yang kelewat ambisius untuk kamus bercinta Anda di pagi hari, ada pilihan lain yang bisa dicoba. “Spooning adalah posisi yang ideal,” saran Trina Read, penulis Till Sex Do Us Part. “Banyak orang tidur dengan posisi seperti ini, sehingga pasangan dapat menjulurkan tangannya untuk menjamah payudara sekaligus menstimulasi klitoris Anda,” imbuhnya. Atau coba alternativ ini: biarkan ia berbaring menyamping menghadap Anda, lalu dengan Anda yang tetap berbaring, punggung rata dengan kasur, julurkan kaki di atas pinggulnya, dan biarkan ia memasuki Anda. “Tubuh Anda berdua akan membentuk huruf T dengan kepala saling berjauhan,” jelas Read. Ini membuat ia mudah menyasar G-Spot Anda untuk memastikan klimaks yang menyala-nyala. Ada gaya lain yang disebut lazy cradle: Anda rebah sementara ia berlutut dan mengambil ancang-ancang gaya misionaris. Tidak perlu saling berhadapan karena ia akan menarik pelvis Anda ke pahanya sehingga tubuh Anda membentuk sudut 40 derajat. Biarkan ia menghujam dalam posisi berlutut sembari tangannya menahan paha Anda dari bawah. Sexy Wakeup Call Berbeda dengan seks tengah malam, bercinta saat matahari menyapa menimbulkan sensasi tersendiri. Bahkan bagi beberapa perempuan, sibuk di ranjang saat orang lain tengah membaca koran jadi sesuatu yang demikian nakal sekaligus memuaskan secara emosional. “Desy, 27, merasa demikian. “Senang rasanya mengetahui suami tetap menganggap saya seksi meskipun tengah mengenakan piyama,” akunya. “Ia menghujani punggung saya dengan kecupan mesra sementara tangannya membelai tubuh dengan menggoda. Jelas sekali ini mengundang gairah bercinta.” Selain sebagai penyemangat, mengawali hari dengan bercinta memang resep jitu untuk memastikan perasaan romantis antara Anda berdua berlangsung sampai malam. Tentu dengan syarat pasangan tidak menyodorkan “sosisnya” di muka Anda begitu Anda membuka mata. Karena tetap saja perempuan cenderung lebih bergairah bila terstimulasi secara emosional. Jadi tak heran setelah itu Desy menginisiasi seks untuk membangunkan suaminya. “Suatu pagi saya sengaja bangun lebih awal untuk menyiapkan ‘sarapan’ balasan

khusus untuknya. Manisnya, sepanjang hari itu ikatan kami jadi ekstra dekat,” imbuh Desy. Selain senyum yang terkembang di wajah, seks di pagi hari juga meningkatkan kondisi kesehatan, menjaga penampilan sekaligus hubungan cinta. “Bercinta di pagi hari melepaskan zat kimia penghasil rasa bahagia yang disevut oxytocin dan membuat sepasang insan merasa saling cinta dan terkoneksi seharian penuh,” jelas Debby Herbenick, Ph.D, penulis buku Because It Feels Good. Rise and Shag Namun tak selamanya romantisme bermekaran di pagi hari. Bagi beberapa pasangan lain, bercinta pagi-pagi bukan soal cinta, melainkan memuaskan naluri primitif semata. Waktu tidak dihabiskan untuk foreplay dan nafas naga biasanya akan membuat kedua belah pihak enggan untuk melancarkan cumbu ala Prancis. Tujuannya sederhana: menikmati aksi seks lalu mencapai Klimaks. Tina, 32, tahu betul maksud dari seks murni jenis ini. “Saya termasuk perempuan yang tidak bisa menolak setiap kali suami mengajak bercinta. Seringkali memang karena terbawa perasaan sayang namun terkadang hanya karena saya juga ingin dipuaskan secara seksual,” aku Tina. “Di samping Quickie, morning sex juga menjadi salah satu aksi panas favorit saya. Terlebih di pagi hari. Aroma alami suami kerap kali membuat saya dilanda gairah tingkat tinggi.” Lupakan belaian mesra yang menggoda. Pagi-pagi saatnya untuk seks tanpa penjelasan. Bicara atau bangun dari ranjang untuk sikat gigi hanya akan merusak suasana. Lakukan saja segera. Coba lakukan posisi ini besok pagi. Anda telungkup di ujung ranjang, sementara si dia berdiri menekukkan lutut agar alat tempurnya sejajar dengan area intim Anda. Biarkan ia menghujam sementara Anda berusaha sekuat tenaga bertahan pada seprai akibat gairah yang meledak-ledak. Bila sudah begini, jangan salahkan pasangan jika dia terbawa suasana yang sedemikian menggelora sampai-sampai ia tidak dapat menahan diri lagi untuk menepuk bokong Anda yang seksi demi memaksimalkan klimaks yang memasuki Anda. Dan, ya. Semua ini terjadi di pagi hari and now, that’s what we call a real good morning.

A.M Sex Essential Kits Pastikan Anda siap kapan pun untuk aksi pagi-pagi dengan selalu menyediakan alat bantu berikut: Lubrikan Jika Anda setengah terlelap, bisa saja sistem seksual Anda juga demikian. Bantu sesi bercinta dini hari bersamanya dengan lubrikan untuk memastikan penetrasinya berlangsung mulus. Ingin lebih hemat energi? Lupakan penetrasi keluar masuk, melainkan coba getarkan bokong secara bergantian untuk menggerakkan tubuh Anda ke kiri dank e kanan. Segelas Air Usahakan sebotol air mineral selalu berada dalam jangkauan, sehingga Anda tidak perlu meloncat ke kamar mandi untuk sikat gigi. Minum beberapa teguk saja sudah cukup untuk menetralisisr nafas naga.

Something Sexy or Nothing All? Yang dimaksud di sini adalah pakaian tidur Anda. Entah itu lingerie atau tanpa sehelai benang pun, pilihlah apapun selama itu membuat Anda merasa seksi. Gairah seksual Anda berdua akan meningkat dengan satu detail ini begitu terbangun.

DIAN 57


kencan

KENALAN YUK!!! EDWIN LEE KADARISMAN Model, 27 tahun You in words: “Saya seorang pria sederhana tetapi memiliki visi yang besar. Saat ini saya menetap di tiga negara (Singapura, Hongkong, dan China) serta mulai menapaki karier sebagai model professional. Di waktu senggang saya suka sekali bermain voli.” Ceritakan tentang awal mula karier Anda: “Saya memulai karier di Jakarta. Semuanya berawal dari dorongan teman-teman dan pacar saya untuk mencoba menjajaki bidang ini. Ternyata ini adalah keputusan yang tepat untuk saya.” What are your style philosophy: “Keep it simple and be myself. I wear anything as long it’s comfortable and suits my body.” Wanita yang bikin Anda jatuh cinta: “Karena saya orangnya simpel, maka saya suka wanita yang tampil apa adanya dan tak banyak maunya. Saya juga selalu jatuh hati pada wanita yang penuh perhatian.” Anda suka saat wanita memakai: “Kemeja putih longgar yang sedikit transparan. So sexy! Tertarik untuk menjajaki dunia akting di Indonesia: ”Mungkin, nanti. Setelah saya berhasil meraih semua impian dan tujuan saya di bidang modelling. Untuk saat ini saya ingin fokus terhadap karier modelling saya.

DITYA CHANDRA Fotografer, 24 tahun

Teks: Ifnur Hikmah. Foto: dok. pribadi

Prioritas utama dalam hidup: “Mendapatkan kesuksesan di usia muda (dibawah 30 thn) dalam karir, usaha, dan keluarga.” You in words: “Goresan pensil di kertas putih berupa gambar karikatur. I think, that really i am.” What are your style philosophy: “More in to casual. Saya tipikal orang yang easy going jadi itu juga terbawa pada gaya pakaian saya.” Yang Anda sukai dari pekerjaan yang tengah Anda geluti: “Sesuai dengan minta dan bakat, terlebih lagi karena saya bisa mendapat penghargaan (uang) dari hal yang saya suka.” Tantangan terbesar dalam pekerjaan: “Disetiap foto yang dihasilkan, adanya karakteristik bahwa itu adalah foto yang saya hasilkan. Saya ingin, begitu ada yang melihat hasil foto saya, mereka langsung berujar ‘That’s Ditya’.” Women that you crave: “Cukup setia dan ada di waktu senang dan susah. Cantik adalah bonus.” Seseorang yang ingin kamu foto: “Kate Middleton. Seandainya saya jadi wedding photographer dia, hehe.” Tiga hal yang harus dimiliki dalam hidup: “Kesuksesan di usia yg muda, keluarga yang selalu membantu, dan iman yang kuat.” Jika tidak menggeluti pekerjaan sekarang, Anda ingin menjadi: “Polisi. Itu cita-cita saya sejak kecil, hehe. Tapi, saya sadar kalau tinggi saya tidak mencukupi.”

58 DIAN


kencan Mereka punya cara sendiri dalam menikmati hidup. Merasa yakin dengan pilihan yang mereka buat. Kepada DIAN, emreka blak-blakan tentang hidup, pekerjaan, dan tentunya..... perempuan. Siap berkenalan dengan mereka?

FREDO MARINO Arsitek, 23 tahun Prioritas utama dalam hidup: “The way of life, prinsip dalam memandang hidup itu sendiri.” You in words: “Sebuah titik kecil di alam semesta. Sebagai manusia, saya bukanlah apa-apa di tengah kebesaran Tuhan.” Tiga benda yang selalu Anda bawa kemana-mana: “Saya bisa jadi tidak pergi tanpa jam tangan, kacamata, dan Blackberry.” Yang Anda sukai dari pekerjaan yang tengah Anda geluti: “Bertemu klien dan rekanan dari berbagai latar belakang. Saya bisa mencuri ilmu dari mereka.” Tantangan terbesar dalam pekerjaan: “Mengaplikasikan ilmu di kampung halaman. Saya bertekad, suatu saat nanti akan ‘pulang’ dan membangun daerah asal saya.” Women that you crave: “Berasal dari keturunan yang baik, cantik, kaya, tapi yang terpenting baik agamanya. Saya masih menganut kepercayaan inner beauty is everything.” Kenapa wanita bisa terpesona oleh Anda: “Karena saya tahu spot yang akan membuat wanita tertawa bahagia.” Tiga hal yang harus dimiliki dalam hidup: Prinsip hidup yang benar, dreams, istri yang saleh.

HENDY HERMAWAN Pramugara, 23 tahun Anda menggambarkan diri Anda ibarat: “Air karena saya memiliki sifat yang mengalir begitu saja, seperti air yang dapat mengikuti wadahnya.” Prioritas utama dalam hidup: “Mendapatkan kebahagiaan. Salah satu caranya adalah dengan mengerjakan apapun sepenuh hati untuk mencapai hasil yang maksimal.” Woman that makes me turn on: “Seseorang yang dapat memosisikan dirinya seorang pasangabn, seorang sahabat, dan bahkan seorang kakak.” Tantangan terbesar yang ingin ditaklukkan: “Menerbangkan pesawat udara, sesuai dengan cita-cita saya sewaktu kecil.” Yang Anda sukai dari pekerjaan yang tengah digeluti sekarang: “Dapat bertemu dengan berbagai macam sifat manusia dari berbagai kalangan. Saya juga dapat belajar untuk memosisikan diri dalam menghadapi keragamansifat manusia.” Your fashion style: “A lil bit metrosexual. Saya suka tampil rapi, tapi saya juga tidak terlalu memaksakan diri dan tetap memperhatikan kondisi saat itu.” Your wildest fantasy: “Lompat dengan parasut dari gedung tinggi atau bungee jumping dari helikopter.” Tiga hal yang harus dimiliki dalam hidup: “Hal yang dapat melengkapi kebutuhan hidup, baik secara materiil maupun inmateriil, kebahagiaan dan kejujuran.”

DIAN 59


H

curhat pria

ampir bisa dipastikan, wanita yang menarik secara penampilan, akan menarik hati pria. So, what happens to inner beauty? Bukan mau meremehkan inner beauty atau intelektualitas, tapi bagaimana pria bisa terpikat oleh betapa smart-nya Anda, jika outer beauty Anda tak menarik sama sekali? Sebaliknya, pria yang menarik secara fisik, belum tentu mampu memikat wanita. Masih ada tujuh daya magis lain yang akan mampu memikat wanita. Teman saya, seorang pria lajang tampan berusia 35 tahun, bertanya, “Apa yang harus dikatakan ketika bertemu seorang wanita, untuk menarik simpatinya?” Tanpa pikir panjang, saya bilang, “Puji tataan rambutnya!” Dia menatap saya dengan heran. Tanpa menunggu pertanyaan ‘Kenapa’, saya jelaskan dengan singkat, “Karena, wanita menghabiskan banyak waktu, energi, dan uang untuk menata rambutnya. Jadi, dia pasti senang jika ada seorang pria ganteng seperti kamu memperhatikan tatan rambutnya!” Saya pikir dia akan puas. Eh, dasar MBA pinter, teman saya ini mencecar lagi, “Kalau rambutnya nggak cantik?” Maka, sambil menahan kantuk karena pembicaraan yang membosankan ini, saya menjawab sekenanya, “Puji rias matanya, karena (tanpa menunggu pertanyaan kenapa lagi dari dia) wanita menghabiskan banyak uang dan belajar tentang tata rias mata yang indah. Bahkan, beberapa rela memakai bulu mata palsu yang begitu panjang dan lentik, sampai bisa dipakai untuk melambai memanggil taksi.” Ekspresi sahabat saya, yang baru beberapa bulan tinggal di Indonesia karena kelamaan di Negara Kiwi (yang populasi dombanya lebih besar daripada jumlah wanitanya), makin serius. “Kalau rias matanya nggak cantik juga?” Pertanyaan dia membuat saya meletakkan pulpen dan memulai sebuah kuliah panjang. “Kalau riasan matanya lebih mirip riasan mata kuntilanak di film horor Indonesia daripada riasan mata natural cantik Sherina, maka puji tas tangannya. Seorang wanita merasa tas tangan punya fungsi lebih dari sekedar tempat menaruh barangbarang pribadinya. Tas tangan adalah paspor wanita untuk diterima di negeri para wanita. Dan, kalau tasnya tidak cantik, puji sepatunya. Kenapa? Karena seorang wanita akan rela menembus credit limit gold card-nya hanya untuk sepasang sepatu yang tertutup gaun malamnya yang menyapu lantai.” Tapi, dasar lulusan cumlaude, maka dia masih bertanya, “Kalau sepatunya nggak cantik juga?” Spontan saya berteriak, “Lo gila! Wanita nggak cantik dari rambut sampai ujung kaki, kok, masih mau?!” Jangan tersinggung, ladies! Correct me if i’m wrong. Rambut, rias mata, tas, dan sepatu adalah kunci penampilan seorang wanita. Itulah yang ada dalam struktur pemikiran seorang pria. Rambut oke, rias mata oke, tas keren, sepatu matching, all checked! Maka, seorang pria akan mulai melancarkan serangan. Namun, jangan berpikir bahwa saat making a move, pria tidak membuat kesalahan. Kesalahan terbesar kami adalah berpikir daya tarik fisiklah yang paling utama. Padahal, penampilan fisik pria adalah hal terakhir yang menjadi faktor daya tariknya di mata wanita. Inilah daya tarik pria di mata wanita.

daya tariknya.

He Makes Me Laugh

Jadi, bayangkanlah sosok Sandiaga Uno, dipadu sense of humor-nya George Clooney, in charge seperti Barack Obama, loaded ibaratnya Bill Gates, bersuara merdu layaknya Michael Buble dan hot seperti Matthew McConaughey!

He Is So Smart Jonathan Favreau, penulis pidato Barack Obama mampu membuat separuh wanita di garis khatulistiwa begitu ingin menjadi single lagi demi bisa mendapatkan kesempatan kenal dengannya. Pria smart, yang bisa menjelaskan fenomena alam dengan fasih, akan membuat wanita termangu. Kalau Anda sampai bertanya, “Kok, kamu tahu sih?” itu artinya Anda sudah jatuh hati.

He Is In Charge Pria yang begitu turun dari mobil di lobi hotel berbintang, disapa langsung dengan namanya pasti membuat Anda berpikir “Hmmm, saya bersama pria yang tepat.” Itu sebabnya pengacara atau pengusaha ternama sering kedapatan berselingkuh. Eh, saya koreksi, berpasangan dengan wanita cantik yang jauh lebih muda. Power adalah obsesi pria. Being in charge adalah idaman semua wanita.

He Is Loaded Bukan mau menuduh wanita zaman sekarang matre. Tapi, menjadi materialistis bagi wanita adalah sesuatu yang realistis. Madonna, dengan lagi Material Girl-nya hanya menegaskan fenomena yang sama tuanya dengan peradaban manusia ini. Lagipula, mana tahan berkencan dengan pria yang lebih sering pura-pura tidak tahu ketika bill restoran menghampiri meja Anda? Bankers dan fund managers bisa dibilang profesi seksi seorang pria di mata wanita. Bukankah diamond is a girl’s best friend?

P ria

I daman

Pria yang bisa membuat seorang wanita tertawa adalah pria yang bisa membuat wanita merasa nyaman, pada dirinya sendiri dan the accompany of the man. Itu menjelaskan kenapa banyak komedian sering punya pasangan lebih dari satu. Jadi, kalau Anda sudah bisa terkekeh-kekeh karena his smart jokes, Sadarilah, Anda sudah terjerat

60 DIAN

He Is a Rockstar

Bagaimana menjelaskan Mick jagger dengan lusinan wanitanya atau Steven Tyler bisa punya anak secantik Liv Tyler? Entah kenapa, pria yang tampil di panggung sambil memanggul gitar menggebuk drum, memainkan piano dan melantunkan vokal indah selalu bisa menaklukkan wanita cantik? Tidak cuma cantik, banyak lagi. Begitu fenomenalnya status rocker ini sampai banyak wanita rela jadi groupies. Ini sebuah misteri, bahkan para wanita pun tak bisa menjelaskan ini, apalagi kami, para pria. Pokoknya, ketika kami harus bersaing dengan pria lain yang berstatus ‘anak band’, kami pilih mundur teratur saja.

He Loves Children Teman pria saya sangat menikmati berjalan keliling mal dengan anak balitanya, dan membiarkan istrinya menikmati shopping sendiri sepuasnya. Kenapa? Karena selalu ada wanita yang menghampiri mereka dan memberikan pujian pada sang balita, dan... pada sang ayah. Akuilah, hati Anda pasti lumer melihat pria dewasa digelayuti balita lucu, sambil berharap “Mudah-mudahan dia omnya atau single father.”

He Is a Hunk OK, pada akhirnya memang ada beberapa wanita yang menganggap dada bidang, perut six pack, tricep dan bicep adalah sebuah daya tarik. Harus diakui, kebotakan karena kerontokan rambut dan perut buncit serta double chin, ditambah penampilan berantakan, bukan pria dengan prospek bagus untuk kencan membanggakan.

(Farhan, presenter dan penyiar radio - Jakarta)


kencan


opini

Realita vs Idealisme

S

etiap orang tentu punya cita-cita sejak kecil. Cita-cita inilah yang selalu Anda pegang hingga dewasa. CIta-cita ini jugalah yang menjadi pertimbangan Anda saat memilih pendidikan. Anda yang menyukai dunia jurnalistik dan bercita-cita menjadi wartawan tentunya memilih program studi jurnalistik. Ini hanya satu contoh. Namun, dalam perjalanannya, tidak semua cita-cita bisa terwujud. Kebutuhan yang semakin meningkat serta keinginan yang tak ada batasnya membuat banyak orang berpaling dari cita-cita awal dan memilih pekerjaan yang dirasa cukup untuk memenuhi semua kebutuhan -plus keinginan Anda. Persinggungan antara idealisme dan realita merupakan hal lumrah yang sering terjadi. Beberapa masih bertahan dengan idealismenya karena berpikir bahwa bekerja menurut kata hati adalah jalan terbaik. Namun, tidak sedikit yang meneyrah dan memilih untuk

mengikuti realita akibat banyaknya kebutuhan dan keinginan yang ahrus dipenuhi. Hakikatnya, idealisme tidak bisa terlepas dari realita yang melingkupinya. Idealisme merupakan sekumpulan nilai, visi, misi, kehendak, ambisi, dan keinginan yang dimiliki setiap orang. Perbedaannya hanya terletak pada pengelolaannya. Jika Anda mengelolanya menjadi sinergi idealisme dengan realita, maka kehidupan Anda akan dipenuhi oleh kenikmatan, kemuliaan dan kepahlawanan. namun, jika Anda menjadikannya kontraproduktif, maka bisa saja kehidupan Anda akan lebih rumit. Ketidakserasian antara idealisme dan realita seringkali terjadi dalam dunia kerja. Jika Anda berkaca, apakah Anda masih melihat adanya idealisme yang Anda miliki atau seleruhnya telah habis akibat Anda terlalu mengikuti realita? Beberapa teman DIAN berikut berbagi pengalaman dan pandangannya.

Saya bisa kok mendapatkan pekerjaan ideal yang realistis. Saya bekerja sesuai dengan minat saya di public relation di agency tersohor. Menurut saya, tiap pekerjaan pasti ada resiko dan pengorbanannya. Jawabannya hanya satu, passion. When you have it, commit to it, then really will tell youit’s real, and still, ideal. Za, 22, Account Executive

Itu ssemua balik lagi ke pribadi masing-masing. Kalau menurut saya, idealisme itu bisa sejalan dengan realita selama orang tersebutmau berusaha mengaturnya, seyakin dan semampu apa dia untuk terus bertahan dalam realita kehidupan tanpa harus mengorbankan idealismenya. Thomas, 23, Supervisor Area Marketing

Realita itu bisa sejalan dengan idealisme kalau kita sendiri siap menerjang realita itu, karena yang namanya idealisme kan punya tiap individu dan susah maksain ke orang lain. Sejauh ini saya belum total menerapkan idelaisme dalam pekerjaan, tapi saya selalu berusaha supaya tidak melanggar idealisme saya. Vania, 24, Social Media Officer

Tidak akan selamanya idealisme dapat dipertahankan karena one day, idealisme akan luntur dengan sendirinya melalui terpaan realita kehidupan yang ada. Bagaimanapun kita berusaha untuk mempertahankannya, pasti akhirnya kita akan menyerah. Ditambah dengan kehidupan yang semakin sulit dan berat. Namun semuanya balik lagi ke individunya masing-masing. Ilham, 23, penyiar radio

Menurut saya, bukan idealisme yang tidak sama dengan kenyataan, melainkan keinginan yang tidak sama dengan kenyataan. Oleh karena saya bukan tipikal orang yang kaku terhadap suatu keputusan, saya merasa keinginan yang tidak sesuai dengan kenyataan pasti akan terjadi. Tinggal bagaimana kita menyikapinya. Sebaiknya jadilah orang yang fleksibel tetapi memiliki tujuan atau batas yang jelas. Siti, 25, psikolog

62 DIAN

Teks: Ifnur Hikmah. Foto: dok. pribadi

Saya mengalaminya sendiri. Saya lulusan dari jurusan yang kata orang memiliki bidang pekerjaan yang jarang. Dulu, saya ingin bekerja di bidang yang sesuai. Ternyata saya salah. Sekarang saya bekerja di tempat yang jauh dari jurusan saya, tapi saya tidak melihatnya sebagai suatu keterpaksaan melainkan sebagai suatu proses belajar yang baru. Dhaniel, 22, HRD Staff


karier

“Kerja di Luar Negeri, Yuk!!” Oleh: Lescha M

DIAN 63


karier

N

ew York, London, Paris, Sidney atau Singapura? Manakah tempat ideal bagi Anda untuk meniti karier? Dimanapun, asal di luar negeri, masih menjadi impian banyak orang. Termasuk Anda mungkin?

Bekerja sambil menghirup segarnya udara London atau di bawah matahari Paris tampaknya bagaikan a dream comes true. Selain jumlah gaji yang besar, pengalaman dan budaya kerja yang berbeda merupakan salah satu faktor daya tariknya. Namun, apakah benar bekerja di luar negeri memang seindah yang kita bayangkan? Perbedaan budaya, proses adaptasi, kemandirian merupakan hal mutlak yang harus dimiliki ketika memutuskan untuk bekerja di negeri orang. Namun, sebelumnya tidak ada salahnya Anda mengetahui karakteristik berbagai negara sebelum memutuskan untuk bekerja di sana.

Karakteristik Pada umumnya, karakteristik para pekerja di sini tidak jauh berbeda dengan di Amerika, yaitu memiliki disiplin waktu yang tinggi serta lebih berorientasi kepada hasil. Di Kanada, kebanyakan orang menghargai semua komponen pekerja, mulai dari buruh sampai orang yang duduk di posisi tertinggi selama kontribusinya terlihat. “Tanggung jawab terhadap profesinya sangat tinggi. Orang-orang di sini sangat bangga terhadap pekerjaan mereka, apapun itu,” cerita Edhie Hardjoso Rahardjo, seorang system engineer. Satu lagi, hubungan sosial antara pekerja dari etnis dan kultur yang berbeda juga akrab lho. Kendala Di Kanada, cuacanya sangat ekstrem, terutama kalau sudah memasuki musim dingin, bisa mencapai -40 C. Sebagai orang yang berasal dari negara tropis seperti Anda, jelas butuh waktu (dan satu lemari penuh bajubaju khusus musim dingin) untuk menyesuaikan diri. “Lalu, meski penduduknya sedikit, seleksi untuk menerima pekerja asing sangat ketat,” kata Edhie lagi. Penting!!! 1. Bahasa resmi di Kanada adalah Inggris dan Prancis. Jadi, semakin Anda menguasai kedua bahasa itu, peluang untuk diterima di sini pun semakin besar. 2. Dokter di sini bisa dibilang cukup langka. “Terkadang Anda bisa menunggu hingga tiga bulan untuk appointment dengan spesialis. Sedangkan untuk operasi yang tidak terlalu gawat, daftar tunggunya bisa sampai satu tahun,” ujar Edhie. Jadi, jaga kes- Cari Kerja di Sini ehatan. Ingin tahu rasanya tinggal di daerah dengan suhu Pajak peng- -40 C? Coba klik situs ini dan segera cari lowongan hasilan cukup pekerjaan. besar, teruta- www.cic.gc.ca ma di provinsi www.workingincanada.gc.ca Quebec.

64 DIAN

PRANCIS Karakteristik Hampir sama seperti di Singapura, pekerja di sini jarang mengambil lembur dan memilih untuk memaksimalkan waktu kerja yang dimiliki. “Pekerja di Prancis memang lebih santai karena di sini jumlah hari liburnya lebih banyak,” ujar Yustiniani Mouton, penulis dan founder dari www.frilby.com. Jadi, jangan sampai Anda malas bekerja karena keasyikan shopping dan tak sabar menunggu hari libur berikutnya tiba. Kendala Yang pasti Anda harus bisa berbahasa Prancis kalau ingin bekerja di sini. Kenapa? Karena orang Prancis kebanyakan tidak suka berbicara dengan bahasa lain selain bahasa ibu mereka. Penting!!! 1. Aturan hukum ketenagakerjaannya cukup rumit. “Sebaiknya Anda tahu dan paham hak dan kewajiban karyawan seperti pajak atau jatah cuti yang harus dibayar,” jelas Yustiniani. 2. Senioritas masih dianggap sesuatu yang penting. Jadi, mau tak mau memang harus menaruh respek kepada atasan atau rekan kerja yang lebih lama bekerja atau lebih tua. 3. Bekerja lembur tak selalu dianggap rajin. Bahkan terkadang Anda dinilai tak efektif memanfaatkan waktu kerja. 4. Pada banyak bidang kerja, disarankan memiliki ijazah atau pendidikan resmi di bidang yang ingin digeluti karena itu merupakan faktor penting di Prancis. “Kalau latar belakang Anda tak sesuai dengan pekerjaannya, kebanyakan perusahaan bahkan tak memberi kesempatan wawancara. Di sini jalur p e n d i d i ka n Cari Kerja di sini sangat meJangan bermimpi terlalu lama. WuUjudkan segera nentukan impian Anda dengan melamar kerja melalui: jalur kerja,” www.parisjob.com jelas Yustinihttp://fr.fashionjobs.com/jobs ani www.experteer.fr

. Foto: istimewa

KANADA


karier AMERIKA Karakteristik

A happily ever after live di luar negeri bukanlah hal yang mustahil. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui, seperti karakteristik para pekerja di sana, Jangan sampai “jet lag” dan malah kaget hingga akhirnya tidak bisa berkompetisi. “Secara umum, mereka memiliki komitmen tinggi terhadap pekerjaan serta sangat kreatif,” kata Irwan Rubianto, mechanical engineer dari Schlumberger. Anda mungkin saja menemukan rekan kerja dari berbagai negara, dan itu berarti tingkat kompetisi pun akan semakin tinggi. Namun, justru hal inilah yang memacu seseorang untuk mengembangkan kreativitasnya. Bukannya Anda tak perlu menghormati senior, tapi jangan takut untuk menyampaikan ketidaksetujuan Anda. Soal kemam-

INGGRIS Karakteristik Satu hal yang perlu Anda ketahui, para pekerja di sini selalu tepat waktu, termasuk jam pulang kantor. Artinya? Waktu kerja digunakan dengan maksimal. “Para pekerja di sini tahu apa saja yang menjadi hak mereka, dan perusahaan pun menghargai karyawannya,” ujar Andryo Haripradono, Search Engine Optimization Specialist –Digital Advertising Agency. Pekerja di sini juga tak ragu mengutarakan apa yang menurut mereka benar. “They bitch around less. Kalau menurut mereka ada sesuatu yang salah atau diperlukan dengan tidak adil, mereka akan speak up, bukannya mengeluh atau bergosip,” tambah Andryo. Cari Kerja di sini Coba klik situs berikut. Siapa tahu Anda beruntung. www.reed.co.uk www.careers.guardian.co.uk www.fish4.co.uk/jobs www.jobs.co.uk

Kendala Kini bukan waktu yang mudah bagi orang asing mencari kerja di Inggris. Dengan status ekonomi saat ini, pemerintah lebih berkonsentrasi ke warganya sendiri. Jadi, Anda mungkin akan kesulitan mendapatkan visa kerja. Visa untuk

puan dan kepintaran, orang Indonesia jelas tak kalah. Hanya cenderung lebih pasif dibanding mereka yang rata-rata proaktif. Kendala “Hanya ada dua: bahasa dan pola pikir,” jelas Irwan. “Terkadang kita sulit untuk berpikir praktikal, apalagi untuk pekerjaan yang memerlukan tingkat kreativitas yang tinggi.” Penting!!! 1. Atasan bisa menyuruh Anda angkat kaki hari itu juga. Jadi, berhatihatilah dalam setiap pekerjaan Anda. 2. Izin kerja (immigration requirement) harus jelas. 3. Komunitas WNI di sini Cari Kerja di sini cukup erat. Ini beberapa situs terpercaya kalau Anda ingin menInteraksi bisa cari lowongan kerja di Amerika: mempercepat www.monster.com proses ber- www.rigzone.com adaptasi. www.linkedin.com

bepergian juga kerap bikin masalah. Paspor Inggris bagaikan bus-pass, mau ke Kanada, Australia atau Swedia tak perlu lagi mengurus visa. Sehingga, jika perusahaan memilih karyawan untuk business trip ke negara tersebut, bisa saja Anda menjadi pilihan terakhir karena repot harus mengurus visa terlebih dahulu. Penting!!! 1. Jangan pernah merasa lebih rendah dari orang Eropa atau siapa pun. “You are who you are and what you can do,” ujar Andryo. 2. Jangan pernah datang terlambat karena di sini selalu tepat waktu. 3. Kalau ada sesuatu yang mengganggu, jangan hanya diam saja tapi utarakan apa yang Anda rasakan. “Hanya saja jangan meributkan persoalan kecil yang bisa diselesaikan dengan berdiskusi bersama rekan kerja,” saran Andriyo. 4. Tiap orang tentu punya kelemahan, tapi bukan berarti itu harus ditunjukkan. Bisa-bisa orang lain akan memanfaatkan kelemahan Anda.

So, be tough!

SINGAPURA

you’re on your own babes.

Karakteristik Buat para pekerja di sini, waktu adalah uang. “Jam kerja digunakan untuk bekerja dengan konsentrasi penuh agar pada akhirnya tidak perlu bekerja hingga larut malam, bisa pulang tepat waktu dan menggunakan waktu di luar jam kerja untuk hal-hal lain,” seperti yang dikatakan oleh Daniel Leonardo Lubis, lawyer di Rajah & Tann LLP. Jadi, kalau Anda berpikir bisa berbelanja sebentar dan menikmati Singapore Great Sale ketika jam kerja? Well, think again.

Penting!!! 1. Anda harus agresif kalau tak ingin ketinggalan dari yang lain. 2. Kejujuran adalah sesuatu yang dinilai tinggi di sini. “Kalau dari awal tak mengerti atau tidak bisa menyelesaikan tugas, lebih baik bilang saja,” tutur Daniel. 3. Walaupun kehidupan di Singapura serba praktis, tapi biaya hidup di sini sangat tinggi (nomor 11 di dunia). Cari Kerja di sini Jadi, rencana- Ingin tahu lebih banyak tentang kerja di Singapura. kan penge- Langsung saja berkunjung ke: luaran Anda www. jobstreet.com.sg dengan baik. www.bestjobs.com.sg www. jobhub.com.sg

Kendala Kalau Anda terbiasa dengan dasar “kekeluargaan” dan “gotong royong”, sepertinya Anda perlu usaha ekstra untuk menyesuaikan diri bekerja di sini. Para pekerja Singapura memiliki individualitas yang tinggi. So yes,

DIAN 65


dompet

FINANCIAL PLANNING Mengatur keuangan memang gampang-gampang susah. Gampang karena Anda sudah tahu kebutuhan Anda apa saja. Susah karena terkadang uang yang telah dibagi-bagi tidak sesuai dengan pos yang seharusnya. Namun, merencanakan keuangan adalah hal mutlak karena berujung ke satu hal: kesejahteraan. Oleh: Hanna V

66 DIAN

aran, dan terakhir membuat formula dalam penyusunan anggaran.

Menentukan tujuan finansial Agar bisa mandiri secara finansial, mulailah dengan menentukan tujuan finansial jangka pendek, menengah, dan panjang. Ajukan sejumlah pertanyaan kepada diri sendiri untuk membantu Anda memperjelas tujuan finansial. Apa yang menjadi prioritas utama Anda, apa saja kebutuhan Anda, dan apa yang menjadi keinginan Anda?

Mengumpulkan berbagai informasi keuangan pribadi Tahapan selanjutnya, kumpulkan seluruh data penghasilan dan pengeluaran. Data yang harus Anda kumpulkan di antaranya gaji bagi yang sudah bekerja atau uang saku dari orangtua, tagihan kartu kredit, pembayaran barang yang menjadi kebutuhan utama, dan lainnya. Kemudian lakukan klasifikasi data menjadi tiga bagian untuk dijadikan landasan membuat anggaran. Bagian pertama, yaitu penghasilan, jumlahkan semua penghasilan dari seluruh sumber pendapatan. Bagian kedua, yaitu pengeluaran, jumlahkan semua pengeluaran tetap seperti cicilan rumah, dan pengeluaran variabel seperti uang

Foto: Istimewa

R

iset mengenai kesadaran finansial yang diadakan Citigroup Asia Pasific atau Citi Fin-Q pada 2010 menunjukkan, semakin banyak orang Indonesia yang menyadari pentingnya merencanakan keuangan. Dari 500 responden dengan penghasilan rata-rata Rp 10 juta per bulan, nilai Indonesia adalah 57 dari 100 poin, meningkat dari tahun sebelumnya, 52. Sayangnya, kesadaran yang meningkat ini tak dibarengi dengan implementasi. Hanya 47 persen responden yang mematuhi anggaran bulanan yang dibuatnya, sedangkan 38 persen responden masih dalam tahap berusaha mengikuti anggaran. Hotman Simbolon, Vice President Customer Care Center Head Citibank, mengatakan, langkah awal agar bisa memiliki kemandiran finansial adalah dengan membuat anggaran. “Diawali dengan budgeting, lalu saving, investing, dan sharing. Budgeting penting untuk membantu Anda mencapai kemandirian finansial,� jelas Hotman dalam Citibank Journalist Class di Jakarta, Rabu (2/3/2011) lalu. Tahapan menyusun anggaran untuk mencapai kemandirian finansial diawali dengan menentukan tujuan finansial, kemudian mengumpulkan informasi keuangan personal, lalu mengurangi pengelu-


dompet bensin, telepon, dan lainnya. Ketiga adalah bagian bottom line, yakni selisih antara pendapatan dan pengeluaran yang akan memberikan ukuran apakah pengeluaran Anda sudah berlebihan. Lihat bottom line Anda, jika selisihnya positif maka Anda bisa menyisihkan dana lebih untuk menabung atau menaikkan jumlah pembayaran kartu kredit atau utang. Kalau selisihnya negatif, artinya Anda membelanjakan lebih dari pendapatan. “Jika Anda membelanjakan lebih dari 15-20 persen gaji bersih, ditambah pembayaran utang atau tagihan kartu kredit, Anda berada pada posisi berbahaya. Teliti kembali pengeluaran Anda, terutama pengeluaran variabel untuk mengontrol pengeluaran. Jangan sampai gaji Rp 5 juta tetapi pengeluaran per bulan Rp 7 juta. bila perlu, catat pengeluaran bulanan,” tutur Hotman menambahkan.

Kurangi pengeluaran! Banyak orang membelanjakan uang untuk barang yang sebenarnya tidak mereka butuhkan, walaupun mungkin diinginkannya. Karenanya, Anda perlu memonitor pengeluaran dengan membawa selalu catatan kecil. Catatan ini akan membantu Anda mengenali kebiasaan belanja setiap bulannya. Tentu saja Anda perlu disiplin mencatat semua pengeluaran harian dan bulanan dalam buku catatan ini. Meski bottom line Anda positif, kebiasaan mengurangi pengeluaran tetap perlu diterapkan. Mulailah dengan membawa makanan dari rumah dan mengurangi makan di restoran. Kurangi juga kebiasaan minum kopi dan makan di restoran cepat saji. “Anda bisa menghemat Rp 5 juta per tahun jika kebiasaan minum kopi sebesar Rp 20.000 tiap hari bisa dikurangi,” saran Hotman. Berhenti dari kebiasaan merokok satu bungkus per hari juga bisa menghemat Rp 1 juta per bulan.

Buatlah formula anggaran Tahapan terakhir dalam menyusun anggaran adalah membuat formulasi. Tentukan komposisi presentasi anggaran dari gaji bulanan Anda. Seperti berapa persen yang Anda anggarkan untuk tabungan, biaya sewa atau cicilan rumah, makanan, transportasi, pakaian, jalan-jalan, dan lainnya. Anda bisa mengadopsi komposisi anggaran seperti dijelaskan perencana keuangan Ligwina Hananto pada kesempatan berbeda. Ligwina menyarankan, komposisi cicilan utang maksimal 30 persen; komposisi premi asuransi, kebutuhan rumah tangga, transportasi, kebutuhan anak dan keluarga, serta kesehatan adalah 20-40 persen dari penghasilan; komposisi kebutuhan pribadi seperti belanja pakaian, perawatan salon, atau membeli gadget adalah 20 persen. Sisanya, sekitar 10-30 persen, adalah untuk ditabung sebagai dana darurat.

Financial Planning for Single Ladies Memiliki tabungan saja tidak cukup. Untuk memastikan masa depan Anda, pasangan, serta anak-anak tetap terjamin dan terjaga, Anda butuh perencanaan keuangan yang jelas dan terencana. Hal ini tak hanya dibutuhkan mereka yang sudah menikah, tetapi juga oleh perempuan yang masih “The melajang. safe way Dalam talkshow keuangan to double yang berlangsung di acara Bidayour money is to kara Wedding Expo 6, Mohamfold it over once mad B. Teguh, Independent and put it in your Financial Planner dari Quantum pocket.” Magna Financial, perempuan ~Frank Hubbard lajang juga butuh perencanaan keuangan karena masih banyak yang bingung akan masa depannya.

“Tempat kami juga banyak mendapat klien perempuan yang lajang yang butuh perencanaan keuangan. Masalahnya, para perempuan lajang kebanyakan belum mengetahui apa yang ia inginkan di masa depan dan belum mengetahui apa dan bagaimana cara yang dibutuhkan untuk mencapai keinginan mereka itu. Kalau tidak direncanakan dan tidak diinvestasikan, uang dan waktu yang ada akan terbuang percuma. Kalau tidak diinvestasikan dengan tepat, tabungan saja tidak akan cukup. Bunga tabungan, rata-rata hanya 3 persen per tahun. Sementara, inflasi bisa sampai 20 persen. Artinya, tak akan terkejar di masa depan. Lebih baik apa yang bisa disisihkan diinvestasikan sejak dini.” “Klien perempuan lajang yang datang ke tempat kami ini biasanya kebingungan ketika ditanyakan apa yang mereka inginkan di masa depan. Biasanya kami pancing dulu dengan apa yang umumnya diinginkan oleh perempuan dalam 5-10 tahun ke depan. Barulah mereka tersadar, bahwa perencanaan keuangan itu penting,” jelas Teguh. Masalahnya, jika dalam usia produktif kita tidak mulai merencanakan keuangan, ke depannya akan semakin pendek jangka waktu untuk mengumpulkan keuangan. Intinya, berjaga-jaga dengan berhemat dan berinvestasi untuk memastikan masa depan tetap terjaga, dan mimpi-mimpi bisa terwujud. Saat ini, banyak pihak yang terjerat dengan masalah utang kartu kredit, tak terkecuali perempuan lajang yang ingin tampil menawan. Namun, masalahnya, utang kartu kredit ditambah bunganya yang sangat besar bisa menjadi beban. “Perempuan sangat suka belanja. Tak heran, banyak yang terjerat utang kartu kredit. Supaya tidak terkena penyakit utang kartu kredit, perlu dipahami bahwa kartu kredit adalah alat bayar, bukan kartu berhutang. Saya bukan mengatakan tidak boleh memiliki kartu kredit. Tetapi, pahami pula syarat-syarat di balik kartu kredit. Anda boleh saja menggunakan kartu kredit, tetapi pastikan nominalnya ada di dalam rekening tabungan. Ketika datang tempo pembayaran, bayar sepenuhnya sebelum berlarut-larut dan bunganya menumpuk,” jelas Teguh. Siapa saja yang butuh perencanaan keuangan? “Mereka yang punya pendapatan jelas dan bisa menyisihkan pendapatannya, karena kalau tidak ada yang bisa disisihkan, apa yang mau direncanakan? Kalaupun pendapatannya sebulan misalkan Rp 10 juta tetapi pengeluarannya sebanyak itu juga atau bahkan lebih, akan sulit. Yang penting keuangannya sudah mulai sehat, supaya bisa direncanakan. Ada beberapa rasio yang perlu diperhitungkan saat ingin merencanakan keuangan, di antaranya debt ratio, liquidity ratio, dan savings ratio. Sisanya, biarkan perencana keuangan membantu untuk menghitung dan menyiapkan keuangan.” So, sudah siapkah Anda merencanakan keuangan sendiri?

DIAN 67


dompet


psiko

It’s

TIME

To Maximize Your LIFE! Ada satu pertanyaan buat Anda, “Have you really lived your life?” Kenapa? Karena Dian ingin Anda memanfaatkan segala kesempatan yang ada di depan mata. And it’s all because Dian believe that YOU CAN!!! Oleh: Fitria Rahmadianti

DIAN 69


psiko “Dan Biarpun saya tiada beruntung sampai ke ujung jalan itu, meski pun patah di tengah jalan, saya akan mati dengan merasa berbahagia, karena jalannya sudah terbuka, dan saya ada turut membantu mengadakan jalan yang menuju ke tempat perempuan Bumiputra merdeka dan berdiri sendiri.” -R.A. Kartini, Habis Gelap Terbitlah Terang That is one great quote for you, dear. Pikirkan betapa beruntungnya Anda menjadi wanita di generasi saat ini. Segalanya tak lagi serba terbatas seperti layaknya kehidupan wanita di masa lalu. Nah, masalahnya, sudahkah Anda benar-benar memaksimalkan hidup Anda? Itu sebabnya mengapa DIAN mengajak Anda untuk melakukan satu hal yang tampaknya sederhana tapi sebenarnya belum tentu sudah Anda lakukan. So, are you ready to live your life fully?

IN CAREER • Pursue your true passion Hal yang paling menyenangkan adalah saat bisa melakukan passion Anda, and get paid for it. Memang tak semua orang bisa seberuntung itu, Tapi dalam hidup tak ada yang tak mungkin, dear. Jika Anda tak terlalu menikmati pekerjaan Anda saat ini jangan pernah takut mengambil resiko untuk berganti haluan kerja. Kejar terus apa yang menjadi impian Anda, Toh, segala proses yang dilalui akan semakin memantapkan langkah Anda. Kalaupun pada akhirnya keinginan tak berhasil tercapai, siapa tahu ada hal lain yang Anda sukai dan kuasai dalam pengejaran impian itu. • Be competitive (in a good way) Sekarang sudah bukan saatnya lagi jadi wanita yang malu-malu dan selalu mengalah. Anda tak akan maju ke depan jika hanya pasrah menerima keadaan. Tak perlu takut mengutarakan pendapat saat meeting. Mungkin saja seisi ruangan meeting, termasuk si bos, akan tercengang begitu sebuah ide brilliant berhasil Anda utarakan. Jangan lupa untuk selalu menunjukkan kinerja terbaik, ya. Show them how fearless you are! • Be in charge with your money Ladies, tak peduli seberapa tingginya penghasilan yang Anda dapatkan setelah promosi, Anda tetap tidak boleh merasa Anda selalu layak mendapatkan reward yang lebih besar. Jadi, jangan sampai nantinya Anda menjadi seperti karakter utama di film Confession of a Shopaholic yang tanpa sadar menghabiskan uang yang ia miliki. Yes, plastic isn’t always fantastic, jadi waspadalah terhadap daya sihir kartu kredit setiap kali Anda melakukan window shopping. Mulailah mengatur pengeluaran dengan baik dan biasakan menabung. Uang memang bukanlah segalanya, tapi, percayalah, dengan manajemen keuangan yang baik, maka Anda akan merasa lebih powerful dalam hidup Anda. IN LOVE • Survive the heartbreak Memang, saat patah hati Anda bisa seketika terserang drama queen syndrome. Ucapan yang a bit cheesy sepereti ‘I can’t live without him” mungkin kerap terucap dari bibir Anda. Tapi, DIAN percaya, kalau Anda juga percaya bahwa sindrom ini tidak akan membunuh Anda. Jadi, untuk apa berlama-lama sakit hati jika kenyataannya banyak pria di luar sana yang jauh lebih baik darinya. Enjoy the new search! • Enjoy the flirting Ya, tak ada yang melarang Anda untuk flirting dengan banyak pria -as long as you keep it sexy and elegant!. Jangan terlalu memaksakan diri dan terkesan desperate sehingga Anda merasa harus flirting dengan setiap pria yang ada hanya karena Anda tahu mereka single. Tapi, temukan pria yang benar-benar bisa memikat hati Anda. •

Foto: Maya Safira, Istimewa

IN LIFE • Doing your hobby Temukan dan TEKUNI hobi Anda! Di antara padatnya pekerjaan, menekuni hobi bisa menjadi stress reliever yang ampuh, loh. Sebagai permulaan, coba temukan dulu apa yang Anda sukai. Ingat, saat ini tak ada lagi batasan antara hobi wanita dan pria. Jadi, feel free untuk menemukan apa yang benar-benar Anda nikmati. Nilai lebihnya adalah, menjadi expert di satu hal yang disenangi terbukti bisa memompa rasa percaya diri Anda. • Find your favorite destination Jangan pernah berhenti menjelajahi dunia ini. Anda tidak akan pernah tahu kesenangan serta kesempatan apa yang akan Anda temui di setiap destinasi. It doesn’t have to cost you a fortune. Malah, kalau direncanakandari jauh-jauh hari, Anda bisa survei tiket dan akomodasi yang murah kan? Tak perlu ragu lagi, pack your suitcase and go travelling! • Keep saying “Yes!” Selama Anda bisa mengatur waktu, coba selalu katakan iya pada setiap tawaran yang menghampiri. Percayalah, ini akan membawa banyak pengalaman dan efek positif dalam hidup Anda. • Lakukan semua yang ingin Anda lakukan ya, tak perlu lagi terhenti dengan berbagai keraguan seperti “Ah, untuk apa juga ya?” atau “Memangnya bisa?”. Come on, Anda masih muda, cantik, dan enerjik. Bukan hal yang mustahil bagi Anda untuk mewujudkan apapun. Just set yourself free, dan rasakan kontrol spenuhnya atas hidup Anda.

• Mari berdonasi Kalau di masa lalu wanita tidak bisa memiliki penghasilan sendiri, sekarang Anda sangat beruntung bisa bekerja serta menghasilkan income (all by yourself). Nah, kenapa tidak secara rutin melibatkan diri dalam kegiatan sosial dan ikut berdonasi? Hidup akan terasa lebih bermakna jika Anda bisa membantu orang lain dengan hasil jerih payah Anda sendiri.

70 DIAN


psiko • Be honest with yourself Jangan pernah biarkan pria yang tak memperlakukan Anda dengan baik itu terus menjadi kekasih Anda. It’s a bog NO! Jujurlah pada diri sendiri, pantaskah hubungan itu dipertahankan? Karena sudah bukan zamannya lagi wanita dijajah pria. Keep your destiny! Nah, sebaliknya kalau memang cinta jangan ragu lagi untuk menunjukkannya. Asal Anda tahu, wanita kini tak akan selamanya menunggu datangnya bola! • Luapkan kasih sayang Nah, ini untungnya menjadi wanita di masa kini. Anda bisa menunjukkan kasih sayang Anda pada si dia anytime, anywhere. Tanpa perlu merasa risih dengan gosip-gosip yang beredar di luar sana. Selama masih dalam level yang wajar dan AMAN, you’re allowed to pursue anything you want. So, be creative with it. Keep It Conventionall! Anda boleh jadi hidup di masa modern seperti saat ini. Namun, ada

42 Things To Do... Just Because You Can Membatasi diri karena merasa tidak mampu? Sudah tidak jaman! Jika saat ini Anda benar-benar butuh tantangan, pelarian, dan ingin bersenang-senang, dengan senang hati DIAN akan tunjukkan caranya... 1. Kumpulkan keberanian untuk berkata ‘Ya’ pada tantangan yang benar-benar Anda takuti – mulai dari speech di depan publik hingga sky diving. Fun? Exactly!. 2. Hadiahi diri Anda sepasang sepatu, dress, jewelry...(Ah, you name it!) lansiran desainer ternama. Because you worth it! 3. Buatlah plakat dan ikut serta aksi unjuk rasa pada suatu hal yang Anda yakini...SEPENUH HATI! 4. Kabur sementara untuk road trip....and sing at the top of your voice. Tenang, itu bisa dimengerti kok! 5. Sadar kalau sikap orangtua yang belakangan ini menjengkelkan adalah karena mereka sangat mencintai Anda. 6. Ubah drastis potongan rambut Anda! Dan kalau Anda berkata, “Ah, hanya beberapa senti dari bawah saja ya,” itu berarti Anda tak punya nyali. 7. Berkelana menuju Venice dengan alasan cuma ingin mengayuh gondola. Hei, waspada kalau tiba-tiba seorang pria Italia yang superseksi menyenandungkan lagu untuk Anda. Owh, hawtness! 8. Mencium seseorang dengan liar – like your older brother’s friend. Memangnya kenapa? 9. Setelahnya, boleh kok jika ingin lebih dari ciuman. PS: lakukan dengan aman ya! 10. Percayalah pada orang dengan sepenuh hati, hidup, dan sepenuh...isi lemari Anda. 11. Ambil sebuah peta dunia, pejamkan mata, dan landaskan jari Anda di atasnya. Di manapun dan seberapa jauh tempat itu berada, pesan tiket liburan segera! 12. Cari pohon rindang dan baca buku di sana. Lihat efek dari hembusan semilir angin segar pada Anda. 13. Temukan keinginan Anda di ranjang dan jangan pernah takut meminta lebih pada si dia. 14. Begadang semalam suntuk bersama sahabat-sahabat wanita demi menonton DVD klasik. All in bed, marathon! 15. Hiasi halaman belakang rumah Anda dengan tanaman yang hasilnya bisa Anda makan...kelak. 16. Berenang di malam hari tanpa busana plus pria seksi di samping Anda. Just don’t get caught! 17. Kejutkan sahabat dengan early gift, 6 bulan sebelum

beberapa hal yang sebaiknya masih Anda jaga ke-”tradisionalan’-nya. • Jangan membicarakan seks dengan orang tua Anda. Ewww.... Seberapa terbukanya pikiran wanita saat ini, jangan -sekali lagi JANGAN- pernah membicarakan seks pribadi pada orang tua Anda. It’s bigger than a big no! • Pasangan hidup tetaplah penting Semandiri apapun Anda saat ini, jangan sampai meremehkan pentingnya pasangan hidup. Tidak mau kan saat tua nanti you’ll end up alone and miserable? • Show respect to older people Ingat, bisa bebas berbicara dan mengemukakan pendapat bukan berarti Anda boleh berbicara kurang ajar pada orang yang lenbih tua. You have to be good at heart too! • Sexy is not SLUTTY! DIAN tahu benar bahwa Anda ingin flirting pada para pria di luar sana. It’s oke selama Anda melakukannya dengaan cermat dan jangan sampai merendahkan amrtabat diri Anda. Do it ellegantly! ulang tahunnya, dan hadiah lain tepat saat hari H. 18. Kuasai sejumlah bahasa asing untuk menggoda pria-pria di luar sana, kalau perlu sealam semesta. 19. Indonesia itu luas! Pikirkan sebuah kota, dan berkelanalah ke sana. Sendirian! Jangan pernah kembali kalau tak ada oleh-oleh di tangan. 20. Fly first class. You’ll never forget it! 21. Pernah piknik romantis di tanah lapang sambil ditemani ribuan bintang? Coba deh! 22. Beli sepasang (errr..boleh lebih) killer heels! Lihat efeknya pada bokong Anda? 23. Do something kind for someone, just because. 24. Percaya diri untuk bilang, ‘I love you’ lebih dulu dari si dia. 25. Temukan perfect jeans, lalu beli sedikitnya..dua! 26. Tonton pesta kembang api bersama keponakan Anda yang belum pernah melihatnya. 27. Cuma Anda yang berhak jadi bos untuk hidup Anda sekarang dan di masa depan. 28. Ketahui reaksi yang benar saat menerima pujian. Jangan terlalu..berlebihan! 29. Baca kembali seluruh koleksi buku Tracey Cox Anda. Tip kencan, seks, dan relationship-nya akan semakin terekam di ingatan. 30. Kiss someone famous! Mendaratkan ciuman pada selebritis pria Indonesia juga masuk hitungan, lho. 31. Minta naik gaji pada bos Anda. Just because you deserve it. 32. Berlatih dan libatkan diri untuk turnamen lari maraton. 33. Tonton lima episode How I Meet Your Mother dan DIAN tantang Anda untuk sama sekali tidak tertawa terbahakbahak. 34. Telepon ibu, ayah, dan saudara Anda hanya untuk bilang betapa sayangnya Anda pada mereka. 35. Donasikan uang Anda untuk beramal. Dan lihat after effect-nya. You must be proud of yourself! 36. Take the bus and get off somewhere random. 37. Raih pekerjaan impian Anda. Yakinlah Anda mampu. 38. Pergi berlibur tanpa harus beranjak ke mana pun (sama sekali). 39. Pilih seseorang yang layak dijadikan panutan. Lalu, tiru sikapnya. 40. Ajak kencan seorang pria seksi yang baru saja Anda temui. 41. Belajar surfing. Atau setidaknya, belajar bagaimana caranya agar jatuh dari papan seluncur dengan...tetap cantik. 42. See him, get him, keep him. Yes, Mr.Right does exist.

DIAN 71


guru I WANNA BE RICH:

Perubahan? Siapa Takut!

SKALA PRIORITAS

Pindah kerja, mendapat job desk baru, sampai putus dengan kekasih. Hmmm, hal seperti itu memang tak bisa dihindari dalam hidup. Tapi, siapkah Anda menerima segala perubahan yang kadang datang tanpa terduga? Nah, DIAN tidak akan membiarkan Anda menghadapinya sendiri dan mengajak Anda berani menghadapi segala tantangan baru. • Sadari faktanya! Yes, change is never easy, dear. Namun, hidup memang tidak statis, dan perubahan-perubahan itu pasti terjadi. Jadi, jangan gentar menghadapinya. Go for it! Coba untuk berpikir positif dan lihat peluang dari setiap perubahan itu.

Oleh: Freddy Pieloor, CFP Financial Planner (www.moneynlove.com)

M

72 DIAN

• Apa yang Anda takutkan? Bayangkan segala kemungkinan buruk yang bisa terjadi dan tuliskan semua ketakutan Anda. Saat membaca list itu, pikirkan jalan keluar terbaik dari setiap kondisi. Anda pun bisa lebih siap menghadapi perubahan yang akan datang. • Practice Makes Perfect. Biasakan diri Anda terhadap perubahan dengan mencoba hal-hal baru yang sederhana. Mencari rute jalan yang ebda, mencicipi berbagai exotic dish, sampai menjajal berbagai kegiatan yang belum sempat Anda lakukan sebelumnya. Dip your toe into the sea of change! Ingat kata penulis Fear of Flying, Erica Jong, “If you don’t risk anything, you’ll risk even more.” QUICK THERAPY Saya Bisa! Ketika perubahan datang dengan tiba-tiba, rasa ragu itu pasti ada. Nah, tak jarang keraguan itu bisa menghilangka kepercayaan diri Anda dan justru mengacaukan segalanya. Cobalah untuk selalu mengingat ini: Anda bisa mengalahkan kecemasan itu, babes. Set a new goal! Ya, saat ketakutan mulai menghantui, coba lihat peluang yang bisa Anda dapat dari perubahan yang terjadi. Jadikan itu sebagai tujuan, dan bayangkan segala keberhasilan yang bisa Anda raih. Just keep visualizing positive outcomes ! Seperti kata C.R. Snyder, psikolog dari University of Kansas, “Terbukalah terhadap perubahan dan percaya pada kemampuan Anda. Motivasi dari dalam diri itu akan membuka jalan dengan sendirinya.” Yup, it’s time to be fearless!

10 Tanda Tubuh Anda Harus Bergerak (Segera!) Kalau saja ada alat pendeteksi racun bak Mencetuskan moto, “Saya antidansa!” film Iron Man 2, kadar racun dalam tubuh lantaran cuma setengah jam berdansa Anda melejit ke angka 77%. sudah membuat Anda kehabisan nafas.

Jika tadinya lengan Anda dihiasi dengan Kini, Anda sanggup menghabiskan satu otot, sekarang yang muncul hanyalah le- kotak stroopwafels. Biasanya satu buah mak yang bergelambir. Ouch!! saja, Anda sudah mati kekenyangan. Tak lagi ada ronde ke-2, ke-3, dan seterus- Sampai-sampai Anda menolak ajakan ke nya saat “bertarung di ranjang. Makanya, midnight sale. Alasannya, “Maaf, sedang gelar juara bertahan jatuh ke tangannya. dilanda mager alias malas bergerak!” Berat hati menghibahkan skinny jeans yang baru Anda beli tiga minggu lalu lantaran sudah tak muat lagi. Gawat!

Dengan dalih takut heels rusak, Anda mati-matian mengantri lift demi naik satu lantai saja.

Melihat wajah yang berbanjir peluh, Anda panik bukan kepalang. Terakhir kali berolahraga tiga tahun lalu, sih!

Anda menutup semua akses menuju timbangan lantaran tak bernyali lagi melihat berat badan yang terus melejit.

Teks: Marissa Anugrah. Foto: Istimewa

enjadi karyawan memang menyenangkan. Namun, pendapatan yang dimiliki hampir setiap karyawan adalah sangat terbatas dalam jumlah tertentu dan tetap setiap bulan sepanjang tahun. Namun, kebutuhan dan keinginan Anda begitu banyak dan beragam, baik dalam jumlah maupun jenisnya. Belum lagi, begitu banyak penawaran dan iklan dari berbagai produk idaman dan modern, yang menggiurkan serta membuat hati ingin memilikinya. Saya percaya pendapatan yang Anda miliki tidak dapat membayar semua kebutuhan dan keinginan Anda, sehingga Anda harus berusaha mengendalikan diri, mengelola serta menggunakan pendapatan yang terbatas tersebut, untuk dapat memenuhi kebutuhan secara maksimal tanpa harus mengalami defisit. Strategi demikian disebut skala prioritas, yaitu membeli dan membayar biaya kebutuhan yang mendasar dan benar-benar diperlukan serta menunda kebutuhana yang tidak mendesak dan menghilangkan (menciret) keinginan yang konmsumtif. Dalam menetapkan skala prioritas kebutuhan yang sangat didasarkan pada keadaan diri pribadi masing-masing, dan tidak bisa digeneralisir. Mungkin bagi kaum selebriti membeli pakaian baru dalam kurun waktu tertentu memang diperlukan, karena akan dipergunakan dalam menjalani profesinya sebagai artis. Namun bagi karyawan pada umumnya, membeli baju akan dilakukan, kala baju lama sudah tidak laik pakai atau tampak kusam. Membeli peralatan komunikasi yang canggih, mungkin diperlukan bagi seorang marketing staff yang sangat mobile dan yang memerlukan sarana komunikasi e-mail. Namun, mungkin saja sarana komunikasi canggih tidak terlalu diperlukan oleh seorang staff “back office” yang selalu berada di kantor. secara umum, skala prioritas dapat diurutkan sebagai berikut: kebutuhan pangan, kebutuhan sandang, kebutuhan papan, kebutuhan pendidikan, dan kebutuhan rekreasi serta aktualisasi diri. Kebutuhan dapat juga dibagi dalam tiga kebutuhan yaitu: primer, sekunder, dan tertier. Perlu dipahami bahwa mungkin sebagian besar orang menganggap memiliki mobil adalah kebutuhan tertier (mewah), tetapi bagi seorang pengusaha yang sering bepergian setiap hari maka mobil baginya adalah kebutuhan primer (pokok). Jadi, Andalah yang harus menetapkan skala prioritas kebutuhan diri sendiri dan pastikan, kalau hanya perasaan hati (mood) yang terganggu kala mencoret sebuah kebutuhan konsumtif, maka sebenarnya itu hanyalah sebuah keinginan. Namun, bila kehiduoan Anda sampai terganggu jika sebuah peralatan rumah rusak dan peralatan tersebut perlu diperbaiki atau diganti, maka kejadian ini dapat dikategorikan kebutuhan. Pandai-pandailah memilah kebutuhan mendesak dan keinginan tidak perlu.


guru BERPEGANGAN TANGAN

Apa yang Anda rasakan saat si dia memegang tangan Anda? Tentu saja merasa senang! Bagaimana jika dilakukan saat Anda merasa marah, takut, atau stres? Dan pernahkah Anda bertanya, mengapa pasangan selalu memegang tangan untuk menciptakan rasa nyaman saat Anda marah? Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan oleh Dr. James Coan, seorang psikolog dari University of Virginia, menunjukkan bahwa kadar stres dari beberapa wanita yang ditelitinya menurun saat mereka berpegangan tangan satu sama lain, bahkan kadar tersebut makin berkurang jika dilakukan dengan orang yang mereka cintai. Luar biasa! Ternyata selain dapat menunjukkan rasa kasih sayang, berpegangan tangan dapat mengurangi stres. Ini artinya, Anda pun jadi lebih sehat. Let’s hold hands, darling!

IT’S TIME TO SWEAT!

Selain tampil menawan, cara efektif untuk meredakan tingkat stres adalah dengan memiliki tubuh yang fit. Ingin tahu alasannya? Coba pikirkan, deh, dengan tubuh yang sehat dan prima, Anda jadi tak mudah lelah saat diharuskan berpikir ekstra keras. Nah, cara tepat yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan olahraga. Aksi ini bukan saja membuat Anda kian bersemangat, tapi kondisi mental pun kian lebih terkontrol. At the end, these can make you feel better about yourself. Jangan jadi malas karena exercise-nya nggak terlalu berat, kok. Dance session, jogging, atau olah raga ringan di rumah pun tak jadi masalah selama dilakukan secara rutin. So, sweat yourself and happy everyday, darling!

Fabulously Happy!

Ingin mengusir badmood dengan seketika? DIAN punya antideppresants instan untuk Anda, ladies. Yang ini bukan berupa obat, tapi makeup! Percaya deh, looking beautiful will make you happy -which makes you more beautiful! Voilaaa! • Scented Bills Segala macam bau yang Anda hirup akan langsung terhubung ke bagian otak dan mengontrol memori juga emosi lho!Ini berarti, lotion atau parfum kesayangan bisa jadi “happy kick” andalan Anda. Sebaiknya, pilih yang beraroma vanila. • Mainkan Warnanya. Pemilihan warna cat rumah sudah terbukti bisa memengaruhi pola berpikir Anda. Nah, hal yang sama juga berlaku untuk makeup. Saat sedang stres, coba sulap wajah Anda dengan lipstik, blush on, dan eyeshadow berwarna cerah. Hasil akhirnya, ucapkan selamat tinggal pada badmood. • Hair Make Over. Mengubah tatanan rambut bisa jadi salah satu opsi brilian untuk mengusir badmood. Anda tidak dituntut untuk memilih potongan yang ekstrem kok. Anda hanya perlu melakukan sedikti aksi semisal mengubah belahan, bentuk poni, warna, atau tekstur rambut. Walaupun simpel, perubahannya pasti terlihat, lho! QUICK THERAPY Pilih Warna Apa Ya? Ternyata, pemakaian warna makeup bisa disesuaikan dengan kebutuhan psikis, lho. Saat butuh suntikan aura positif dan keceriaan, pilih warna kuning. Sedangkan warna hijau bisa jadi pilihan untuk membangkitkan aura persahabatan dan keterbukaan. Nah, yang harus Anda ingat, hindari warna merah saat sedang stres. Warna ini bisa meningkatkan kecemasan Anda. Soft pastel pinks or blue would be a better choice. Selamat bermain warna.

Eco Tips Jika Anda ingin menghijaukan pekarangan rumah dengan menanam pohon, pilihlah tanaman yang berpotensi tumbuh besar dan dedaunannya cukup untuk menaungi dan menurunkan suhu udara di sekitar rumah. bagi Anda pecinta bonsai, sepertinya harus mulai menanam tanpa bonsai demi melestarikan lingkungan ya. Pohon carsenn bisa menjadi opsi Anda.

Rata-rata wanita menghabiskan hingga 13.000 pembalut sekali pakai seumur hidupnya. Jika sedang tidak bepergian ketika dalam masa menstruasi, cobalah cloth menstrual pads. Pembalut reusable ini terbuat dari 100% bahan micro fleece dan tidak mengandung bahan kimia sehingga aman untuk miss cheerful. Menyelamatkan lingkungan dan juga menghindari irtasi, double functions, right?

Apa yang Anda lakukan ketika menemukan iPod kesayangan Anda mati total? Berusaha untuk memperbaikinya atau ditinggalkan begitu saja? Saat tidak bisa diperbaiki lagi, kembalikan saja iPod Anda ke Apple Store. Bila terdapat part yang masih bisa digunakan, maka pihak Apple akan membeli bagian tersebut. Jika tidak, akan diterima untuk didaur ulang. Keuntungan untuk Anda dan lingkungan, bukan?

DIAN 73


destinasi

Rayuan Pulau

74 DIAN


destinasi

Kelapa Rayuan Pulau Kelapa bukan hanya tertuang dalam lirik lagu ciptaan Ismail Marzuki. Di sebelah barat Lampung, tepatnya di Kabupaten Tanggamus, terdapat sebuah ceruk indah bernama Teluk Kiluan. Di Teluk Kiluan inilah terdapat sebuah pulau elok bernama Pulau Kelapa. Air laut yang jernih, suasana pedesaan yang tenang, udara segar nan asri, dan panorama alam yang indah ditawarkan oleh pulau ini. Dari anak-anak hingga dewasa, dari domestik maupun mancanegara, pulau ini telah menjadi perbincangan menarik bagi para penganut outdoor activity. Teks dan Foto oleh: Ifnur Hikmah

DIAN 75


M

eskipun letaknya tersembunyi, Teluk Kiluan menyimpan keindahan yang luar biasa . Teluk tersebut diapit oleh bukit bukit hijau yang diselimuti kabut setiap pagi, dan laut yang sangat tenang seperti danau yang berdekatan dengan Samudra Indonesia. Perjalanan ke Teluk Kiluan memakan waktu sekitar 4 jam dari Pelabuhan Bakauheuni. Untuk sampai ke Pulau Kelapa, Anda harus menyeberang lagi kira-kira lima menit menggunakan speed boat yang telah disediakan. Hawa pedesaan kental terasa di sana-sini. Persawahan hijau, bukit-bukit tinggi menjulang yang terlihat indah, membuat mata dan pikiran lupa akan rutinitas kota. Setibanya di Kiluan terlihat teluk cantik membentuk huruf “U” yang menjorok cukup jauh ke daratan. Di tengahnya terdapat Pulau Kelapa. Pulau yang memiliki luas lebih dari 6 Ha merupakan salah satu tujuan pokok bagi para pengunjung Teluk Kiluan. Walaupun relatif kecili, pulau ini memiliki magnet tersendiri bagi para pengunjung. Dengan hamparan pasir putih halus, air yang jernih, dan keberadaan terumbu karang serta biota laut di dalamnya telah menjadikan Pulau Kelapa menjadi tempat yang pantas untuk dikunjungi bagi para penikmat, pelaku, dan pemerhati wisata. Pada umumnya, pulau ini memiliki topografi landai dan hanya beberapa bagian pulau yang memiliki tebing padas dan bukitbukit kecil. Tumbuhan pun lebih didominasi oleh tumbuhan penyusun hutan pantai seperti Barringtonia sp, ketapang (Terminalia cattapa), Nyamplung (Callophylum sp), Waru laut (Hibiscus tiliaceus), dan lain sebagainya. Dengan adanya tumbuhan hutan pantai inilah maka suasana pulau terasa sejuk di mata, merdu di telinga, dan nyaman di hati. Wilayah pantainya lebih didominasi oleh hamparan pasir putih dan hanya sedikit bagian yang berupa batuan (sebelah Tenggara hingga Utara pulau). Bagian berbatu padas ini memiliki keunikkan tersendiri. Selain dapat menyaksikan bentangan Teluk Semaka hingga Samudera Hindia serta Pulau Tabuan nun jauh di sebelah Barat Laut, pengunjung pun merasakan kenyamanan dan ketentraman tersendiri.

76 DIAN

Namun, ketika hendak mencapai tebing atau batuan di sisi sebelah Barat, Anda harus hati-hati karena komposisi batuan yang ada di pulau ini merupakan batuan muda, sehingga mudah pecah. Anda tidak usah khawatir karena ada pak Ishak, warga pulau sekaligus pemandu wisata di Pulau kelapa, yang siap membantu Anda. Di kompleks ini, Anda juga dapat menemukan sebuah kolam (laguna) yang dikenal dengan “laguna dodo”, sebuah cerukan dalam (kurang dari 6 m) dan memiliki luas lebih dari 10 m2. Di dalamnya, Anda dapat menjumpai beberapa biota laut yang terkurung seperti ikan, bulu babi, dan lobster. “Laguna Dodo” ini kurang diketahui oleh para pengunjung karena tempatnya relatif tersembunyi. Untuk dapat mengunjungi tempat ini, diperlukan sedikit pengetahuan tentang ombak di wilayah Teluk Kiluan. Hal ini terkait dengan posisi tempatnya yang cenderung menghadap Samudera Hindia yang memiliki pergerakan air (ombak dan arus) cukup tinggi.

Snorkeling Time Sisi sebelah Selatan dan Timur pulau merupakan tempat wajib bagi para pecinta kegiatan snorkeling.Disana, Anda dapat menjumpai keberadaan daerah terumbu karang. Warnanya cukup beragam dan bentuknya pun beraneka rupa. Selain terumbu karang, biota laut seperti ikan, bintang laut, bulu babi, dan sebagainya turut membuat daerah terumbu karang ini begitu asri dan menarik untuk dipandang dan difoto. Wilayah terumbu karang di bagian Selatan pulau tersebar hingga Tenggara pada kedalaman 2 - 16 m. Sedangkan untuk wilayah Timur, tersebar hingga ke arah Utara pada kedalaman 1 - 8 m. Dengan kondisi sebaran terumbu seperti inilah, maka tempat ini cukuplah aman bagi para pencinta snorkeling ataupun diving. Bagi Anda yang tidak bisa berenang atau snorkeling, tidak usah khawatir. Pak Ishak siap memandu Anda. Pak Ishak juga menyediakan peralatan snorkeling sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi. Keindahan alam bawah laut di Pulau Kelapa sangat sayang untuk dilewatkan. Masyarakat di sekitar Pulau Kelapa dan Teluk Kiluan pun saling bekerja sama menjaga ekosistem bawah laut dengan tidak


Keterangan Gambar: Kiri: Pengunjung di atas perahu jukung yang membawa mereka ke tengah lautan untuk menyaksikan atraksi lumba-lumba. Kanan atas: Pesona bawah laut perairan Pulau Kelapa. Kanan bawah: Atraksi lumba-lumba liar.

menggunakan material berbahaya pada saat menangkap ikan. Ketentuan hukum bagi mereka yang tertangkap basah merusak biota laut sangat jelas sehingga tidak ada seorang pun yang berani merusaknya. Two thumbs up!

Wild Dolphin Atraksi lumba-lumba liar merupakan daya tarik lain yang ditawarkan Pulau Kelapa. Untuk bisa melihatnya, Anda hsrus mengeluarkan sedikit keberanian karena lumbalumba ini terdapat di tengah lautan. Untuk mencapainya, Anda bisa menggunakan perahu jukung, sebuah perahu kayu yang bisa menampung tiga orang. Terdapat ratusan hingga ribuan lumba-lumba liar di sini. Jika Anda beruntung, Anda bisa menyaksikan atraksi lumba-lumba ini di sepanjang sampan. Setidaknya ada dua jenis lumba-lumba di perairan ini, yaitu lumba-lumba hidung botol (Tursiops Truncatus) dan lumba-lumba paruh panjang (Stenella Longirostris). Menurut Pak Ishak, lumba-lumba ini biasanya ramai di bulan Oktober. Sayang, saat tim DIAN menyusuri keindahan pulau ini, cuaca sedang tidak bersahabat sehingga hanya ada beberapa ekor lumba-lumba yang keluar. Tim DIAN juga berkesempatan menyaksikan atraksi seekor ikan terbang. Sebuah pemandangan yang menakjubkan tentunya. Cuaca memang kurang bersahabat dan ombak sedang besar. Alhasil, tim DIAN pun kehujanan di tengah lautan. No where to go and hide. Hmmm, sebuah pengalaman yang menyenangkan sekaligus menyeramkan.

Back To Nature Berlibur ke Pulau Kelapa mengajak Anda untuk kembali ke alam. Di sini hanya ada satu rumah milik Pak Ishak yang dijadikan penginapan dengan tiga kamar. Jika sedang banyak pengunjung, halaman rumah yang berbatasan langsung dengan laut pun dipasang tenda. Suara deburan ombak adalah satu-satunya musik pengiring disini dan membuat siapapun yang berada disana merasa sangat dekat dengan alam. Ekosistem alam ini tidak akan ada tanpa kepedulian masyarakat. Dirhamsyah, pengelola Objek Daerah Tujuan Wisata (ODTW) mengajak masyarakat untuk bahu membahu membangun daerah ini. Paham kemasyarakatan menjadi hal yang paling menonjol di sini, di mana setiap ketentuan mengenai Pulau Kelapa didasarkan kepada musyawarah adat. Di satu-satunya penginapan, Anda bisa merasakan keakraban dengan penduduk sembari menikmati ikan tongkol segar yang baru saja diambil dari laut. Meskipun terkendala sinyal telepon dan listrik, Anda tidak akan merasa bosan karena alam tak henti-hentinya menawarkan hiburan tersendiri yang mampu membuat Anda berdecak kagum. Pulau Kelapa merupakan destinasi yang tepat bagi Anda yang menginginkan suasana pedesaan yang tenang dan asri. Jarak yang jauh dan medan yang berat terbayar dengan keelokan pulau ini. Untuk sesaat, hingar bingar kehidupan perkotaan berganti dengan alunan merdu deburan ombak dan kicau burung saat matahari terbenam. Sebuah perjalanan yang tidak terlupakan sekaligus menjadi bukti kekayaan alam Indonesia. Penasaran ingin menikmati eksotisme Pulau Kelapa? Segera atur jadwal berlibur Anda dan datang ke sini. Anda pun akan terlupa dengan segala kepenatan dan bisa menghirup udara segar. Selamat menimati rayuan Pulau Kelapa!

Tips Berkunjung ke Pulau Kelapa. Anda penasaran untuk menikmati keindahan pulau ini? Sebelumnya, simak beberapa tips dari DIAN berikut! 1. Perjalanan dari Jakarta memakan waktu total 12 jam. Sebaiknya berangkat pada malam hari agar tiba di Kiluan pagi harinya. 2. Jangan terlalu ramai, sebaiknya pergi dalam kelompok kecil kira-kira 9-12 orang. 3. Tidak ada listrik pada pagi hingga sore hari. Jadi pastikan alat-alat elektronik dicharge di malam hari. 4. Selalu sediakan losion anti nyamuk, karena nyamuk-nyamuk disini banyak. Jangan lupa juga membawa obat-obatan pribadi, mengingat medan perjalanan yang cukup berat. 5. Jangan lupa sunblock, topi, dan kacamata hitam. Tidak ingin kan pulang-pulang dalam keadaan kulit terbakar? 6. Anda bisa menghubungi pengelola ekowisata Pulau Kelapa, Pak Dirham, untuk trip ke sana. 7. Berlibur sekaligus berbagi. Oleh karena tempatnya yang cukup terpencil, daerah ini kurang mendapat akses informasi. Sebaiknya Anda membawa beberapa buku, terutama alat pelajaran dan buku bacaan anak untuk ditempatkan di satu-satunya sekolah dasar yang ada di Teluk Kiluan.

DIAN 77


liburan LIBURAN TANPA STRESS

Honeymoon Day Kekayaan alam Indonesia sudah tak diragukan lagi. Keindahan pemandangan terpancar dari ribuan pulau sehingga layak menjadi destinasi wisata. Tidak terlepas bagi Anda yang tengah merencanakan bulan madu. Berikut, rekomendasi Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata untuk tempat menarik dan romantis yang layak Anda kunjungi bersama pasangan. Pulau Bintan, Riau. Keindahan alamnya dengan kemilau pasir putih, biru air laut, dan pepohonaan, merupakan perpaduan menarik yang membuat pulau ini begitu cantik. Di sini tersedia banyak resor yang bisa disewa, private beach, wisata selam, dan beberapa pusat jajanan untuk wisata kuliner. Kaliurang, Yogyakarta. Kaliurang berjarak 28 kilometer arah utara dari pusat Kota Yogyakarta. Tempat ini cocok sebagai tempat berbulan madu berkat hawanya yang sejuk dan berlatar alam pegunungan serta gemericik sungai. Bulan madu Anda pun akan menjadi begitu romantis. Pantai Senggigi, Lombok. Suasana asri dan pemandangan bawah lautnya begitu memesona. Ombak yang tidak terlalu besar menambah keromantisan bulan madu. Pulau Moyo, Nusa Tenggara Barat. Jika ingin benar-benar merasakan dunia milik berdua, disinilah tempatnya. Daerahnya masih sepi dan asli. Selain hamparan pasir putih, ada juga terumbu karang lengkap dengan ikan laut warna-warni, dan tak ketinggalan air terjun serta kolam alami. Desa Ubud, Bali. Desa ini terkenal dengan budaya dan keindahan alamnya. Di sini, Anda dan pasangan akan merasakan ketenangan jiwa dengan melihat pegunungan hijau dan indahnya sawah bertingkat. Bunaken, Manado, Sulawesi Utara. Disinilah terdapat Taman Laut Bunaken yang eksotis dan salah satu laut yang memiliki biodiversitas kelautan tertinggi di dunia. Lokasi resor sangat strategis dengan pemandangan alam Bunaken yang indah. Anda bisa mengeklsporasi keindahan bawah laut dengan snorkeling bersama pasangan.

78 DIAN

BE A TOTAL BACKPACKERS Backpackers memang salah satu alternatif liburan yang menarik sekaligus menantang. Perjalanan panjang dengan budget ringan tentunya membutuhkan persiapan khusus. Pergulatan bersama transportasi umum jarak jauh dan kemungkinan tidur di akomodasi yang “menakjubkan” adalah beberapa hal yang dihadapi seorang backpakers sejati. Jika Anda telah siap berpetualang ala backpackers, 10 perlengkapan di bawah ini harus Anda miliki. Salinan paspor dan dokumen perjalanan. Ini berguna untuk menghindari situasi terburuk seandainya Anda mengalami kehilangan atau kecopetan. Buat juga salinan dalam bentuk soft copy, kirim ke alamat e-mail Anda dan anggota keluarga sebagai dokumentasi. Sabuk penyimpan uang atau kantong keamanan. Sebaiknya, seimpan semua dokumen penting dan uang di bawah pakaian dan lekat dengan tubuh Anda. Bawalah dompet yang hanya berisi sejumlah kecil uang tunai untuk membayar taksi, bus, dan makanan. Plug adaptor. Beda ladang, beda ilalang, beda negara, kadang kala beda juga plug adaptor-nya. Bekali diri Anda dengan plug adaptor yang memiliki variasi lubang colokan. Headlamp. Alat ini berguna jika Anda berencana untuk tidur di penginapan murah meriah dengan kemungkinan penerangan yang remang-remang. Selain itu, alat ini cocok juga sebagai teman membaca dalam perjalanan kereta api malam. Pisau Swiss army. Pisau multi fungsi -sebagai gunting, pisau, pinset, pembuka kaleng dan botol, serta fungsi tambahan lainnya mutlak ada di dalam tas Anda. Tas plastik. Kehadiran tas plastik bermanfaat untuk menyimpan apapun, dari botol sampo mini hingga pakaian dalam yang belum cukup kering setelah dicuci di wastafel. Gembok kecil. Hal ini berguna untuk mengamankan barangbarang Anda atau mengunci loker yang disediakan penginapan. Bandana. Sebuah bandana memiliki seribu satu guna, mulai dari kain lap untuk mandi, pengganti tisue, penutup kepala, pelindung mulut dan hidung dari debu, penutup luka, dan sebagai ikat pinggang. Singkat kata, bandana is a must!! Kantong tidur. Sebuah kantong tidur tipis berguna tak hanya ketika kita harus tidur dalam kondisi yang dipertanyakan, namun juga ketika dalam bis dan kereta api.

Teks: Gusti Ayu . Foto: Istimewa

Berlibur bukan berarti bebas dari stress. Rencana perjalanan yang ambisius, sifat perfeksionis atau destinasi tujuan yang mengecewakan bisa jadi beberapa penyebab timbulnya stress. Cobalah beberapa tips di bawah ini untuk liburan yang santai dan bebas tekanan. • PREPARE FOR ALL SCENARIOS Jangan terlalu ‘kaku’ pada aturan yang Anda buat sendiri, misalnya harus makan malam di bawah jam 7 malam atau tidur dengan bantal empuk. Persiapkan diri Anda dengan segala kemungkinan yang terjadi selama perjalanan. Be a women for all season. • AIRPORT SMART Bandara dapat memicu tingkat stres saat terjebak proses check in yang rumit. Sebaiknya, lakukan online check in agar menghemat waktu. • LANGUANGE LEARN Terkadang, sumber kekesalan dapat terjadi karena kebingungan mencerna bahasa atau dialek lokal. Luangkan waktu untuk mempelajari kata kunci yang sering Anda gunakan untuk menghindari kebingungan. • BE FLEXIBLE Singkirkan sejenak karakter high achieving dan well organized Anda. Ini saatnya menikmati kejutan-kejutan dan sesuatu yang tidak terduga. Just go with the flow and everything will be just fun. • DON’T OVER PLAN Jangan penuhi liburan Anda dengan beragam kegiatan tanpa henti. Bersikaplah realistis dan luangkan waktu untuk bebas melakukan apa saja.


DIAN 79


resensi

You WIll Meet a Tall Dark Stranger Sutradara: Woody Allen Pemain: Antonio Banderas, Josh Brolin, Anthony Hopkins, Gemma Jones, Freida Pinto, Naomi Watts

S

utradara jenius Woody Allen kembali menunjukkan kepiawaiannya melalui film You Will Meet a Tall dark Stranger. Melalui film ini, Allen menyuguhkan humor satir bertema cinta yang mengambal latar belakang kota London. Cerita diawali dengan perceraian pasangan Alfie (Anthony Hopkins) dan Helena (Gemma Jones). Penyebabnya adalah karena Alfie merasa ada yang kosong dalam hidupnya. Helena jadi kecanduan pada cenayang bernama Cristal (Pauline Collins). Wanita ini juga menjadikan setiap hasil ramalan cenayang dijadikan sebagai pegangan dalam menjalani kehidupannya. Di sisi lain ada Sally (Naomi Watts), putri Alfie dan Helena yang sedang repot mengatasi ulah ayahnya yang sering terpikat pada gadis seksi yang hanya mengejar uang. Alfie kemudian menikahi Charmaine (Lucy Punch), seorang wanita tuna susila yang hanya mengincar harta Alfie. Sally juga kebingungan menghadapi ulah ibunya yang tak akur dengan Roy (Josh Brolin), suaminya. Sementara Roy juga punya masalah sendiri: merasa gamang karena belum berhasil kembali membuat novel bestseller. Imajinasi Roy mampet. Ia pun suka menyendiri di kamar, dan diam-diam senang mengamati gadis berbaju merah tetangganya di apartemen, Dia (Freida Pinto). Dia sendiri berprofesi sebagai seorang musikologis yang terikat pertunangan dengan pria lain. Di sisi lain, Sally mulai jatuh cinta pada atasannya, Greg (Antonio Banderas). Permasalahan demi permasalahan mereka hadapi. Tidak bisa menerima naskahnya ditolak, Roy mencuri naskah penulis lain yang baru saja meninggal dan mengatasnamakan dirinya sebagai penulis. Roy pun mengajak Dia untuk putus dengan tunangan-

80 DIAN

nya. Di lain pihak, Alfie mulai mengalami krisis keuangan akibat gaya hidup Charmaine yang kelewat batas. Alfie meminta rujuk pada Helena tapi ditolak mentah-mentah karena Helena jatuh cinta pada seorang penjaga toko buku. Charmaine terlibat affair dengan pria lain dan hamil. Alfie meminta tes DNA tapi tidak diindahkan. Sally yang patah hati karena Greg jatuh cinta pada perempuan lain memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya. Berbekal pinjaman dari Helena, Sally membuka galeri seni miliknya. Pinjamannya ditolak karena berdasarkan penerawangan Cristal, sekarang bukan saat yang tepat untuk membuka usaha baru. Banyak sekali subplot dan karakter di film bertabur bintang ini, lengkap dengan masalah kehidupan mereka. Sedikit kejutan, di film ini Allen tampil sebentar sebagai ayah Dia. Melalui film ini, sutradara kawakan tersebut memberikan ‘jalan’ kepada tiap tokoh untuk mencari kebahagiaan masing-masing. Meskipun, jalan itu ternyata bukanlah jalan yang terbaik, dan di kemudian hari mereka sesali. Di akhir cerita diperlihatkan bahwa semua tokoh merasa tidak puas dengan pilihannya, kecuali Helena. Sesuai saran Cristal, Helena membuka lembaran baru kehidupannya bersama si penjaga toko buku. Sekilas film ini terlihat membingungkan. Anda tidak usah khawatir karena fIlm ini cukup untuk menemani akhir pekan Anda.


resensi

HANNA

?

Sutradara: Joe Wright Pemain: Saoirse Ronan, Eric Bana, Cate Blanchett

Sutradara: hanung Bramantyo Pemain: Reza Rahardian, Revalina S. Temat, Rio Dewanto, Endhita, Henky Solaiman, Agus Kuncoro

Saoirse Ronan kembali memperlihatkan kemampuan aktingnya sebagai putri mantan agen rahasia CIA, Erik Heller (Eric Bana). Dalam film arahan sutradara Joe Wright berjudul “Hanna”, aktris nominator Best Supporting Actress di Oscar 2008 ini berperan sebagai Hanna, gadis yang punya kecerdasan dan kekuatan yang tak kalah dengan tentara ataupun agen pemerintahan. Dikisahkan, Hanna tinggal di hutan terpencil di Finlandia bersama ayahnya. Berbeda dengan kehidupan remaja seusianya, Hanna dibesarkan dan dilatih ayahnya untuk menjadi pembunuh tangguh. Ia kemudian diutus ke dalam sebuah misi yang menghubungkan Hanna dengan pihak pemerintah dan dunia luar. Dimulailah petualangan Hanna melintasi kawasan Eropa. Kehadirannya kemudian memicu operasi rahasia yang diperintahkan oleh agen CIA Marissa Wiegler (Cate Blanchett). Dengan motif khusus, Marissa menjadikan Hanna sebagai target utama. Disisi lain, Hanna harus menghadapi sebuah rahasia tak terduga yang berkaitan dengan keberadaannya dan tujuan dari misi yang ia emban. Film yang dijadwalkan rilis 2011 ini ditulis skenarionya oleh sutradara Joe bekerjasama dengan Seth Lochhead, David Farr dan Joe Penhall.

Film berjudul unik ini mengisahkan tentang konflik keluarga dan pertemanan yang terjadi di sebuah area dekat Pasar Baru, dimana terdapat Masjid, Gereja dan Klenteng yang letaknya tidak berjauhan, dan para penganutnya memiliki hubungan satu sama lain. Mengisahkan tentang 3 keluarga dengan latar belakang yang berbeda. Keluarga Tan Kat Sun memiliki restauran masakan Cina yang tidak halal. Keluarga Soleh yang bermasalah karena Soleh sebagai kepala keluarga yang tidak bekerja tetapi memiliki istri cantik dan solehah. Terakhir keluarga Rika, seorang janda dengan seorang anak, yang berhubungan dengan Surya, pemuda yang belum pernah menikah. Hubungan antar keluarga ini berkaitan dengan masalah perbedaan pandangan, status, agama dan suku, akan dipaparkan secara menarik dalam film berdurasi 100 menit. Keberagaman dan toleransi merupakan dua hal yang saling terkait, terutama jika menyangkut masalah keagamaan dan suku bangsa. Indonesia sebagai negara berpenduduk mayoritas Muslim dengan berbagai macam etnis dan kebudayaan, memiliki banyak kisah perihal toleransi yang menarik untuk diangkat dalam tayangan layar lebar. Hanung Bramantyo sukses menghadirkan kisah dengan latar belakang perbedaan ini kepada masyarakat Indonesia.

The Lincoln Lawyer “Now Watching” Sutradara: Brad Furman Pemain: Matthew McConaughey, Ryan Philippe, Marissa Tomei Mick Haller (Matthew McConaughey), pengacara yang selalu sukses memenangkan kasus-kasus yang ditanganinya. Sebagian besar karirnya adalah untuk membela para penjahat. Tak jarang ia melakukan kecurangan untuk membela klien-kliennya. Hal inilah yang mengakibatkan perceraiannya dengan, Maggie (Marissa Tomei), seorang jaksa penuntut. Sampai suatu saat, Mick yang menggunakan mobil Lincoln Continental sebagai tempat kedua ruang kerjanya itu bertemu Louis Roulet (Ryan Phillippe) yang dituntut atas penganiayaan seorang PSK bernama Reggie Campo (Margarita Levieva). Roulet meminta Mick untuk membebaskannya dari segala tuduhannya karena merasa tidak bersalah. Namun tak disangka, justru kasus Roulet yang merupakan anak dari pengusaha sukses itu membawa malapetaka ke dalam kehidupan Mick. Dia pun mulai mencari apa yang sebenarnya terjadi. Sebagai sutradara, Furman berhasil mengemas jalan cerita dan memvisualkannya dengan baik. Kehadiran para pemain dengan akting memukau juga menjadi sisi menarik. Tak perlu menunggu alasan lain, Lincoln Lawyer merupakan film yang patut menjadi daftar wajib tonton untuk Anda yang ingin sedikit memutar otak ketika menonton film drama kriminal yang cukup menegangkan.

Film terakhir yang saya tonton adalah “The King Speech.” Agak telat memang. Menurut saya, film ini menang dari segi sinematografi dan naskah. Memang, salah satu kekuatan film yang diangkat dari kisah nyata adalah dari segi naskah. Namun, naskah yang bagus akan percuma jika tidak diinterpretasikan dengan baik oleh aktor dan aktris yang bersangkutan. Wajar rasanya jika Collin Firth diganjar penghargaan aktor terbaik di ajang bergengsi Academy Award 2011 ini. Orang biasa berakting bicara dalam tempo cepat adalah hal yang lumrah, tetapi akan menjadi tantangan tersendiri jika dipaksa berakting gagu, dan Collin berhasil menaklukkannya. Dari segi naskah, wajar kiranya jika film ini begitu memukau karena sang penulis naskah, David Seidler, adalah seorang penderita gagap. Tidak heran jika film ini begitu bernyawa. Tom Hooper juga berhasil menyuguhkan sinematografi yang keren dan membawa naskah di atas kertas hingga menjadi tontonan yang mengagumkan.” Yoris Sebastian Penulis “Creative Junkie”

DIAN 81


resensi

FEMME FATALE

Britney Spears Recommended Song: • Hold It Against Me • Till The World End • Criminal • Big Fat Bass

T

he real comeback. Itulah kata yang cocok untuk menggambarkan album ketujuh Pop Princess, Britney Spears ini. Setelah tenggelam selama beberapa waktu, kini ia hadir lagi dengan album bertajuk “Femme Fatale”. Penjualan album ke-enam yang jeblok, masalah percintaannya yang penuh kemelut dengan Kevin Federline, dan sekian aksi ‘memalukan’ yang pernah dilakukannya seolah tenggelam dengan kehadiran album ini. Mengusung single perdana Hold It Against Me yang dilemparkan sebelum albumnya resmi dirilis, publik langsung dibuat terkesima dengan hentakan musik elektro dalam lagu yang disinyalir sebagai curahan hatinya ini. Publik kian menganga ketika video klip HIAM dirilis. Part yang tak mungkin bisa dilupakan adalah ketika Britney sekarang -lengkap dengan dress ekslusif Louis Vuitton- berantem dengan Britney dari masa lalu. Adegan ini semakin mempertegas bahwa sang diva siap membuka lembaran baru. Femme Fatale juga menjadi ajang reuni Britney dengan produser lamanya, Dr. Luke dan Max Martin. Album ini memakan proses penggarapan yang cukup lama, yaitu sepanjang 2009-2010. Namun, inilah bukti keseriusan Britney dalam mempersiapkan rencana comeback-nya. Seperti dikutip dalam wawancaranya dengan majalah V, Britney menggambarkan album ini seperti “fresh-sounding for the clubs or something that you play in your car when you’re going out at night that gets you excited, but I wanted it to sound different from

82 DIAN

everything else out right now.” Ke-12 track mampu hadir secara berkesinambungan. Dibuka dengan track menghentak Hold It Against Me, pendengar diajak untuk berjoget mengikuti vokal riang cewek blonde ini. Femme Fatale ditutup dengan manisnya oleh sebuah lagu bernada lembut bertajuk “Criminal” dengan lirik yang catchy. Sebuah suguhan yang menarik bagi para fans yang telah lama haus menunggu kembalinya idola mereka. Selain bekerja sama dengan produser ternama, beberapa nama besar juga turut membantunya. Ada frontline Black Eyed Peas, Will.I.Am yang turut sumbang suara dalam lagu “Big Fat Bass”, Travis Barker, drummer Blink 182 yang menyumbangkan gebukan drumnya pada lagu “Don’t Keep Me Waiting”, dan penyanyi pendatang baru, Sabie, dalam lagu “(Drop Dead) Beautiful”. Tak pelak lagi jika beragam pujian menghampiri album yang resmi dirilis tanggal 25 Maret 2011 ini. Beberapa media AS menyatakan inilah album paling kuat di sepanjang karier Britney. Pujian lain yang tak kalah menghebohkan adalah ketika album ini disandingkan dengan album Confession on a Dance Floor milik Pop Queen, Madonna. Kejutan lain juga diberikan Britney menjelang peluncuran video klip kedua, Till The World Ends. Melalui akun resminya di situs jejaring sosial twitter, Britney mengajak followernya untuk menghitung mundur menjelang peluncuran resmi. Beberapa menit menjelang diluncurkan, Britney mengeluarkan sneak peak video klip tersebut dan langsung mengundang decak kagum. Hanya satu hari selepas diluncurkan, video klip ini berhasil emraih viewer sekitar 4 juta orang. Wow. Anggapan miring yang menyatakn panggungnya telah berakhir akibat sederet permasalahan yang menimpanya, terbukti salah. Sekarang, Britney kembali melenggang ke atas panggung dan sorot lampu pun terus mengikutinya. Sang diva telah kembali. Tanggalkan seragam sekolah seperti di Baby One More Time, karena sekarang? Dia jauh lebih dewasa dan matang dalam bermusik.


resensi

GOODBYE LULLABY

AVRIL LAVIGNE Recommended Song: What The Hell, Smile, Wish You Were Here.

Y

up, the skeater girl is back. Setelah vakum lumayan lama -dan berita menghebohkan perceraiannya dengan Deryck Whibley-, penyanyi dan penulis lagu asal Kanada ini kembali dengan album keempat yang bertajuk Goodbye Lullaby. Meski memakan waktu selama dua tahun, Avril optimis album ini akan mampu mendulang sukses seperti tiga album terdahulu. Mengusung single perdana “What The Hell”, pendengar bisa langsung mengetahui siapa penyanyinya. Avril tidak meninggalkan ciri khasnya, punk rock feminine. Di album yang resmi diluncurkan tanggal 2 Maret 2011 ini, Avril kembali menunjukkan kepiawaiannya menulis lagu. Ke-14 lagu di sini, kesemuanya ditulis oleh perempuan enerjik ini. Meskipun telah berpisah, profesionalitas tetap dijaga Avril dengan mantan suaminya. Deryck Whibley kembali memegang peranan penting sebagai produser di album ini -seperti album-album sebelumnya juga. Selain Whibley, Avril juga dibantu oleh beberapa nama besar di belakang layar. Sebut saja Max Marthin, Shellback, dan Butch Walker. Di sini, Avril tetap bermain dengan gitar, tetapi lebih kaya berkat hadirnya instrumen lain seperti piano dan akustik. Meski bukan lagi gadis remaja, ciri khas seorang Avril tetap terjaga. Sebuah jawaban segar bagi penantian panjang selama empat tahun semenjak album ketiga, The Best Damn Thing dirilis 2007 silam. So, welcome back, skeater girl.

AGNES IS MY NAME Agnes Monica

“Now Singing” “Saat ini saya sedang mendengarkan album “Kaki Langit” milik salah satu gitaris handal Indonesia, Jubing Kristanto. Sebagai sesama gitaris, Jubing merupakan salah satu influence saya dalam hal bermusik. Mendengarkan gitar klasik ala Jubing seolah-olah membuat kita tengah berada di sebuah taman yang tenang. Jubing bermain halus dan minim distorsi, tetapi petikannya begitu menghanyutkan. Saya sangat mengapresiasi album terbarunya ini, terutama lagu yang didedikasikan khusus untuk tiga musisi ternama yang telah berpulang, Is Haryanto, Gesang, dan AT Mahmud. Kejutan lain yang diberikan Jubing adalah dengan meng-cover ulang lagu lawas milik The Beatles, Blackbird. Meski membawakan ulang lagu yang sudah terkenal di seantero jagad raya, Jubing tetap hadir dengan ciri khas dan keunikannya.” Choky “Netral” Bollemeyer

Penyanyi muda multi talenta, Agnes Monica, kembali menunjukkan kemampuannya lewat album terbaru bertajuk Agnes Is My Name. Meski album ini berisi kumpulan lagu-lagu terbaiknya dari album pertama hingga album terakhir, Agnes menolak menyebut album ini sebagai “The Greatest Hits”. Album ini berisi lagu yang sudah barang tentu dikenal, seperti Godai Aku Lagi, Tak Ada Logika, Teruskanlah, Janji-Janji, Bukan Milikmu Lagi, Matahariku, Tanpa Kekasihku, Jera, Bilang Saja, Cinta Di Ujung Jalan serta menghadirkan dua lagu baru Paralyzed dan Karena Ku Sanggup. Istimewanya, album ini merupakan gebrakan terbaru yang dilakukan Agnes demi mewujudkan impian besarnya, Go Internasional. Single Paralyzed telah dipersiapkan untuk menggebrak pangsa pasar di Amerika. Untuk memudahkan langkahnya, Agnes juga menggandeng Sony/ATV Music Publishing, perusahaan rekaman milik mendiang Michael Jackson untuk menerbitkan album internasionalnya. Impian masa kecil memang harus terus diingat dan diupayakan untuk terwujud. Selain itu, Agnes juga membuat kesepakatan dengan Associated Music International Ltd, dan single Paralyzed direkam di salah satu studio di London. Keseriusan Agnes juga tertuang dalam video klip Paralyzed. Disana Agnes muncul dengan gaya yang merupakan perpaduan antara Lady gaga, Keshia dan Nicky Minaj, lengkap dengan rambut merah menyalanya. Terlepas dari segala kritik mengenai penampilannya, Agnes adalah bukti nyata suara Indonesia di kancah internasional.

DIAN 83


resensi

I Ordered My Wife From The Universe Stanley Dirgapradja

S

tanley Dirgapradja bisa disebut-sebut sebagai penulis muda berbakat. Setelah menggebrak dengan novel perdananya yang -sedikitkontroversial, Un Homme et Une Femme, sekarang dia kembali dengan novel kedua berjudul I Ordered My Wife From The Universe. Novel bersampul dominan warna biru dengan gambar sebatang pohon di tengah-tengah terlihat cukup mencolok. Juga menjanjikan. Novel ini berkisah tentang kisah cinta seorang eksekutif muda di Jakarta, bernama Teguh Pradana. kesuksesan telah berada di dalam tangannya. Dia memiliki semua yang diinginkan oleh pria seumurannya: pekerjaan yang bagus dan mapan, atasan yang begitu pengertian, keluarga yang sangat mendukung, sahabat yang selalu ada disampingnya, gaya hidup yang hanya bisa dibayangkan oleh orang lain, dan -tentu saja- kekasih yang cantik. Kehidupan Teguh terasa begitu sempurna. Pepatah kuno yang menyatakan tak ada yang sempurna di dunia juga melanda Teguh. Kehidupannya yang sempurna merasa terganggu akibat omongan miring orang-orang tentang Tantry yang tidak ingin ia dengarkan. Teguh merasa Tantry begitu sempurna untuknya. Saking cantik dan sempurnanya, dia sampai merasa bahwa dirinya tidak layak untuk Tantry. Belum lagi omongan miring tentang Tantry yang kian banyak berhembus dari hari ke hari. Namun, Teguh bergeming. Menurutnya, setiap orang bisa berubah, termasuk yang jahat sekalipun. Meski diingatkan beberapa kali pun, Teguh yakin, Tantry adalah perempuan terakhir dalam hidupnya.

84 DIAN

Sama sekali, Teguh tak pernah menyangka bahwa perempuan itu justru yang menghancurkan hidupnya. Dia meninggalkan Teguh begitu saja. Ditengah keterpurukannya, Teguh menyerahkan semuanya kepada alam. Dia meminta agar alam membawakan perempuan yang layak untuk dicintainya dan balik mencintainya, jika alam berkenan. Dan alamlah yang membawa Teguh ke pelukan Nadia. Perempuan luar biasa yang perlahan-lahan membantunya keluar dari keterpurukan yang ditimbulkan Tantry. Benarkah Nadia perempuan yang disiapkan semesta untuk Teguh? Novel kedua pria asli Kalimantan Barat ini tergolong ringan. Gaya penceritaan yang mengalir dan bertutur, mampu membuat pembaca larut dalam kisah yang disajikan. Menggunakan sudut pandang orang pertama, Stanley berhasil mengajak pembaca menyelami lika liku pencarian cinta Teguh Pradana. Cerita setebal 326 halaman ini bisa menjadi teman akhir pekan Anda. Ceritanya yang ringan tetapi menuntut untuk segera diselesaikan. Satu pertanyaan besar di sini cukup menggelitik: “Apakah seseorang bisa “cukup� hanya dengan satu orang dalam hidupnya?� Pertanyaan ini juga bisa Anda ajukan ke diri sendiri, apakah cinta yang hadir saat ini berarti untuk selamanya? Kegamangan Teguh merupakan potret kehidupan pria muda kota besar saat ini. Tantry juga bisa mewakili realita yang ada sekarang, bahwa cinta terkadang memang menyakitkan. Namun, inti penting yang ingin disampaikan adalah: selalu ada senyum dibalik air mata. Novel ini juga mengajak pembacanya untuk selalu berpikiran positif karena alam menyerap semuanya. Tidak ingin kan mengalami hal buruk hanya karena pikiran Anda selalu dipenuhi pikiran negatif? Bukan hal besar jika Stanley hampir disamakan dengan pendahulunya, seperti Andrei Aksana. Kemahiran Stanley merangkai kata dan menyusun konflik bisa dijadikan bukti bahwa Stanley bisa disejajarkan engan Andrei yang selama ini dikenal sebagai penulis romantis.


resensi

1 PEREMPUAN 14 LAKI-LAKI Penulis : Djenar Maesa Ayu PT Gramedia Pustaka Utama

Djenar Maesa Ayu kembali menunjukkan kepiawaiannya. Kali ini dengan cara yang tidak biasa. Di buku ini, Djenar berkolaborasi dengan 14 orang lelaki sekaligus yang berasal dari latar belakang berbeda -bukan hanya penulis. Ada Agus Noor, Arya Yudistira Syuman, Butet Kertaredjasa, Enrico Soekarno, Indra Herlambang, JRX, Lukman Sardi, Mudji Sutrisno, Nugroho Suksmanto, Richard Oh, Robertus Robet, Sardono W. Kusumo, Sujiwo Tejo dan Totot Indarto. Teknik penulisan yang digunakan Djenar termasuk unik. Baik Djenar maupun laki-laki ini, satu pun mereka tidak membahas draft cerita. Djenar menulis satu kalimat, lalu disambung satu kalimat lagi oleh rekan duetnya. Begitu seterusnya hingga melahirkan satu cerita utuh. Meski tanpa konsep yang telah disepakati sebelumnya, setiap

cerita yang lahir tidak mengecewakan. Setiap cerpen di buku keempatnya ini mampu menampilkan ciri khas Djenar. Ketiadaan konsep ini adalah kesulitan sekaligus tantangan bagi Djenar. Namun, inilah kado terbesar bagi perempuan ini, mengingat buku ini diterbitkan bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke 38 tahun. Selamat Djenar!!!

METAMORFORLOVE Penulis: Nora Umres PT Gramedia Pustaka Utama

Bagi Restu, tak ada yang lebih menarik ketimbang pria dewasa matang yang mapan yang berusia lebih tua, apalagi jika lelaki itu sudah berkeluarga. Pada sosok seperti itu, Restu bisa melihat kejantanan yang lengkap: lelaki, suami, dan ayah. Namun lucunya, pacar Restu selalu lebih muda, termasuk Doni yang amat posesif. Pekerjaannya sebagai seorang jurnalis mempertemukannya dengan Damar Alam, artis yang “terlalu matang dan keren untuk dilewatkan”. Mula-mula, Restu hanya berani menjadikan Damar sebagai lelaki impian. Namun, setelah Damar bercerai dan menyandang status duda, Restu mengizinkan hatinya untuk bergetar. Untunglah, ia tidak bertepuk sebelah tangan. Masalahnya, Doni masih saja membayanginya meski mereka telah putus. Selain itu, ada juga Bergas, fotgrafer yang sedah beranak istri tetapi berusaha dekat dengannya. Ada juga ada Edyna, artis sinetron yang merasa sebagai pacar Damar. Restu juga mendapat tentangan dari keluarganya, terutama ibu yang tak setuju putri bungsunya itu menikah dengan duda. Repotnya lagi, saat Restu tengah berusaha menghindari konflik, dia justru menjadi bulan-bulanan infotainment. Beranikah Restu berterus terang soal hubungannya dengan Damar? Mampukah dia bertransformasi dari si bungsu yang selalu dilindungi menjadi perempuan dewasa yang menentukan jalan hidupnya sendiri?

KICAU KACAU

Penulis: Indra Herlambang PT Gramedia Pustaka Utama Siapa yang tidak mengenal pria lucu satu ini. Cuap-cuap di depan kamera adalah makanannya sehari-hari. Lalu, bagaimana jadinya jika ia berbicara melalui tulisan? Hal ini dibuktikannya melalui buku Kicau Kacau: Catatan Hati Penulis Galau. Buku ini berisi tentang perjalanan hidup Indra. Cerita di dalamnya terbagi ke dalam empat bagian, yaitu Indonesia, keluarga, teman, dan cinta. Butuh waktu hingga delapan tahun sampai akhirnya Indra berhasil mewujudkan mimpinya

“Now Reading” “Saat ini saya sedang membaca Rancang Agung (The Grand Design) karangannya Stephen Hawking dan Leonard Mlodinow. Menurut saya, buku ini bukan sekedar buku non-fiksi biasa! Terlebih, ini merupakan karya seorang pemikir besar—Stephen Hawking yang saya kagumi. Mengangkat tema tentang awal mula alam semesta yang disajikan dengan paduan bahasa filsafat dan ilmiah sekaligus. Sepanjang membaca, saya dihantui pertanyaan mendasar—Ultimate Question of Life, the Universe and Everything—‘mengapa ada sesuatu, bukan ketiadaan?’. Pertanyaan itu mengawali buku ini, hingga ke bab-bab selanjutnya dijelaskan secara ilmiah—hukum alam, realitas, sejarah alternatif sampai M-theory. Saya masih dalam perjalanan ke lembar dan berharap ada setitik pencerahan untuk maha pertanyaan itu.” Aditya Yudis Penulis novel ‘Mendamba’

menerbitkan sebuah buku. Seperti halnya Indra ketika membawakan sebuah acara, buku ini pun memperlihatkan Indra yang ‘kocak’ dan ‘ngocol’. Yang membuat bukunya lebih menarik adalah gaya penulisan Indra yang sederhana, bagaimana ia mengungkapkan pengalamannya, kisah masa kecilnya, serta sudut pandangnya tentang segala macam hal dari sisi yang tidak terduga. Meskipun ini adalah buku perdananya, Indra mampu memberikan bacaan yang menarik dan mengundang tawa. Namun, aura serius sedikit terasa ketika Indra berbicara tentang isu sosial yang melanda Indonesia. Indra menyatakan buku yang resmi diluncurkan tanggal 29 Maret 2011 ini sebagai kumpulan kegalauannya. Galau yang ia maksud di sini adalah banyaknya pertanyaan di kepalanya tentang berbagai hal, dan itu biasanya adalah hal sederhana, seperti tatapan aneh orang ketika ia menonton film di bioskop sendirian atau pergi berlibur sendiri Jika Anda sedang mencari bacaan ringan yang menghibur di akhir pekan, tidak ada salahnya Anda melirik buku ini.

DIAN 85


belanja Apa saja produk baru yang dikeluarkan bulan ini? Beberapa produk berikut bisa Anda pertimbangkan untuk dimasukkan ke dalam kantong belanjaan Anda. DIAN juga suidah membuktikan kegunaannya. Sekarang giliran Anda untuk mencobanya.

ISSEY MIYAKE Setelah sukses bekerja sama dengan desainer terkemuka dunia seperti Christian Lacroix, Jean Paul Gaultier and Paul Smith, kali ini Evian menggandeng seorang desainer kondang asal Jepang, Issey Miyake. dan mempersembahkan botol eksklusif Issey Miyake 2011 yang memancarkan optimisme dan kesegaran.

TRAINING SHOE MULTIFUNGSI

Dengan mengusung filosofi brand Evian “Live Young” yang sarat dengan kemurnian dan energi kesegaran sejak 1789, peluncuran botol edisi khusus Evian Issey Miyake 2011 ini membawa sumber kesegaran baru. Para penikmat Evian di seluruh dunia dapat merasakan kesegaran yang sangat berharga air mineral alami dari pegunungan Alpen Perancis ini, untuk menyalakan kembali gairah mereka agar tetap “Berjiwa Muda”! Di Indonesia, Edisi Eksklusif Evian Issey Miyake 2011 tersedia dengan sangat terbatas jumlahnya. Anda akan mendapatkannya hanya di hotel bintang lima, high class outlet dari Restaurant dan Café serta supermarket premium yang berlokasi di Jakarta dan Bali, mulai Maret awal tahun 2011 ini.

G U I LT Y M A N

Adidas kembali meluncurkan training shoe multifungsi untuk pria dan wanita, FLUID TRAINER. Sepatu yang terasa ringan ini menawarkan fleksibilitas 360° dan kebebasan untuk bergerak untuk berolahraga. Hadirnya sepatu ini, menandakan munculnya suatu era baru pada Adidas training shoes multifungsi, tersedia dalam pilihan kombinasi 8 warna untuk model sepatu wanita dan 6 warna yang berbeda untuk model sepatu pria. Sepatu multi fungsi yang sangat ringan ini telah dikembangkan sedemikian rupa untuk memastikan fleksibilitas penuh pada kaki dan kebebasan gerak melalui teknologi lunak yang unik dan sistem bantalan penuh.

Setelah Gucci Guilty for Women yang beraroma sensual telah sukses di pasaran, brand ini menambah lini wewangiannya dengan Gucci Guilty Pour Homme. Berbagai kompoissi yang digunakan di antaranya lime, lavender, pink pepper, dan patchoulli sehingga menghasilkan wangi yang sensual, maskulin, dan menyegarkan.

HEROINE MAKE UP

MAKE UP YOUR TEETH, INSTANTLY!!

MAC hadir lagi dengan kejutan baru. Brand makeup satu ini tampaknya tak pernah lelah mempersembahkan koleksi baru yang unik. Setelah koleksi Tartan Tale menuai sukses, kini MAC menghadirkan koleksi Wonder Woman yang oh-so-cute untuk tren spring 2011. Rangkaian yang hadir mulai dari lip gloss, bedak, nail polish hingga koleksi kuas yang warnanya terinspirasi dari ikon komik ini. Judul dari tiap shade koleksi ini juga sangat menarik, seperti Lady Justice, Bold Babe dan Deep Truth. Di sini Anda bisa mendapatkan Mineralized Skinfish, Eye Shadow Quads, Pigments, Opulash, Lipstick, Powder Blush, Penultimate Eyeliner, nail Lacquer dan Fake Lashes. Istimewanya, beberapa item pada rangkaian ini memiliki ukuran lebih besar. Misalnya saja mineralized skinfish, maskara, lipgloss, beauty powder dan cerminnya. Sekarang tak ada lagi yang bisa menghambat pesona Anda, terlebih si dia. Hmm, big thanks to MAC.

Siapa bilang memperoleh gigi yang tampak putih seketika itu tidak mungkin? Pertanyaannya, sudahkah Anda mencoba Pepsodent White Now? Yup, sebuah pasta gigi revolusioner yang bisa Anda andalkan untuk mendapatkan efek gigi yang tampak lebih putih hanya dalam sekali menyikat gigi (teruji secara klinis pada 78 responden. Efek gigi tampak lebih putih seketika untuk sementara dan merupakan efek optikal). Makanya, tidak ada salahnya jika Anda mencoba Pepsodent White Now karena DIAN telah membuktikannya sendiri. Ini berkat formula gel ganda unik yang dikandungnya sehingga senyum Anda kian memikat. Alhasil, begitu undangan cocktail party mendadak datang di atas meja, Anda tak perlu khawatir karena ada Pepsodent White Now yang menjadi penyelamat penampilan. Buktikan hanya dengan sekali menyikat gigi. Pepsodent White Now akan menghasilkan efek gigi yang tampak lebih putih. Penampilan Anda pun akan semakin memukau dengan bekal senyuman memikat dan cerah berkat gigi putih Anda. Dengan selalu menyiapkan Pepsodent Now di dalam tas, kesempatan unjuk pesona di cocktail party pun tidak akan terbuang sia-sia, deh So let’s shine your smile and show your charm, ladies!

86 DIAN

Teks: Marissa Anugrah. Foto: dok. Adidad, dok. GUCCI, dok. MAC, dok. Pepsodent

KERJA SAMA EVIAN DAN


belanja

HEAD OVER HEELS Charles & Keith Signature Label, kembali meluncurkan koleksi sepatu musim semi yang dapat menopang gaya Anda hingga menjadi kian maksimal. Warna semisal coklat, hitam, dan army green menjadi pilihan brand asal Singapura ini. Alas kaki ini dirancang dengan berbagai aksen, mulai dari aksi cut out, detail paku, hingga tali temali. Sehingga gaun minimalis pun akan terlihat lebih gaya saat ditopang dengan sepatu bermodel edgy berikut. Penasaran ingin menegcek koleksinya? Kunjungi saja butik Charles & Keith di Plaza Senayang lantai dua yang baru saja diperluas.

Teks:Gusti Ayu. Foto: dok. Charles & Keith, dok. Nikocio

NIKICIO FOR CENTRO Semakin mempererat kerjasama antara Nikicio dan CENTRO Department Store, Nikicio pun mengeluarkan koleksi kedua mereka. Koleksi ini diberi nama “The Young and Restless�. Nikicio tetap mempertahankan signature style-nya dalam koleksi ini. Beberapa pilihan yang disediakan di antaranya grey chiffon sleeveless shirt, sleeveless cotton shirt dress, backhole navy tee dress, grey chiffon sleeveless shirt, one shoulder grey wing top, black rayon pants, chiffon nude top, gathered grey skirt, black drape cardigan, polkadot chiffon tank, black panel legging, peterpan collar yellow dress, black tone maxi dress, one cap sleeve beige dress, asymetrical blue shirt. Koleksi yang dibandrol dengan harga lebih murah dibanding koleksi NIKICIO ini bisa Anda dapatkan di seluruh gerai Centro Department Store.

DIAN 87


inovasi

OLLIE

& NULISBUKU.COM Publish Your Dream Oleh: Ifnur Hikmah

88 DIAN


D

Foto: IKalista cendani, dok.nulisbuku

unia tulis menulis bukanlah hal baru bagi perempuan satu ini. Aulia Halimatussadiah atau yang lebih dikenal dengan nama Ollie telah menghasilkan puluhan buku fiksi dan nonfiksi. Tidak hanya berkecimpung di dunia literatur, Ollie juga dikenal sebagai seorang pebisnis handal. Saat ini, dia sudah membawahi lima bisnis online. Kegemaran dan kecintaannya terhadap buku dan menulis serta naluri berbisnis yang kuat membuat Ollie melebarkan saya ke dunia penerbitan. Berbeda dengan penerbitan konvensional, Ollie melakukannya secara online. Maka, Oktober 2010 lahirlah nulisbuku. com, sebuah self publishing online. Kehadiran situs ini ibarat angin segar bagi penulis muda yang mengalami kesulitan menembus penerbit. “Kehadiran nulis buku ini berangkat dari pengalaman pribadi saya. Meskipun sudah pernah menerbitkan beberapa buku tetap tidak menutup kemungkinan naskah saya ditolak penerbit. Saya jadi berpikir, saya yang sudah punya nama saja bisa ditolak, apalagi penulis pemula? Selain itu saya tahu betapa susahnya menembus penerbit,” ujar Ollie. Berangkat dari hal tersebut muncul keinginan untuk membuka self publishing yang memberi kesempatan kepada siapa saja untuk menerbitkan naskahnya. “Kalau self publishing konvensional mengharuskan penulis memiliki modal untuk mencetak minimal 1000 eksemplar. Itu butuh modal besar ya. Nah kalau dibuat online, buku di cetak sesuai permintaan,” ujar Ollie menjelaskan tentang konsep bisnis barunya ini. Meski baru berumur beberapa bulan, jumlah peserta nulisbuku.com sudah mencapai ribuan orang. Sebagai pengenalan, nulisbuku.com dan Mizan Publishing mengadakan acara 99 Writers in 9 Days, yaitu menantang siapapun untuk menyelesaikan tulisan dalam sembilan hari. “Animo yang kita terima cukup banyak. Namun, sesuai tema maka yang kita pilih hanya 99 pengirim pertama,” jelas Ollie yang merasa bangga karena salah satu penulis favoritnya, Ika Natassa, ikut ambil bagian dalam 99 Writers in 9 Days ini. Berbarengan dengan Indonesia Book Fair 2010 di Istora Bung Karno Jakarta, self publishing online ini resmi diluncurkan. Dalam peresmian ini, 99 buku hasil proyek 99 Writers in 9 Days juga diterbitkan. Ollie berharap dengan adanya self publishing online ini dapat mendorong siapa saja untuk menulis dan menerbitkan bukunya sendiri tanpa terikat dengan penerbit. Dua di antara buku yang pernah di terbitkan Ollie ternyata diterbitkan melalui nulisbuku. com ini lho. Menurut Ollie, ada suka duka tersendiri terkait dengan menerbitkan buku secara independen atau bekerja sama dengan penerbit. “Kalau diterbitkan sendiri, kita bisa menerbitkan kapan saja dan sesuai idealisme penulis. Sedangkan jika bekerja sama dengan penerbit, kadang idealisme berbenturan dengan keinginan penerbit. Tapi, penulis dibantu untuk promosi. Bagi penulis yang lebih mementingkan ‘nama’, sebaiknya bekerja sama dengan penerbit,” jelasnya. Menurut Ollie, self publishing online ini hanya berupa tempat atau lahan untuk menerbitkan sedangkan kegiatan promosi semuanya berada di tangan penulis. Bagi penulis yang menerbitkan bukunya melalui nulisbuku.com harus berusaha sendiri bagaimana caranya agar masyarakat tahu tentang buku mereka dan membei buku tersebut. Inilah yang menjadi tantangan terbesar bagi penulis yang menerbitkan bukunya melalui self publishing.

NULISBUKU.COM Anda tertarik untuk menerbitkan kumpulan naskah Anda tetapi tidak ingin berurusan dengan regulasi penerbitan yang berbelit-belit? Nulisbuku.com bisa menjadi pilihan. Masih menurut Ollie, mekanisme yang ditetapkan cukup mudah. Setelah Anda register, Anda bisa langsung mengunggah naskah. Lalu, pihak nulisbuku akan mencetak satu eksemplar dan Anda harus membelinya. Cetakan pertama itu adalah dummy di mana Anda bisa membaca ulang lalu menyempurnakannya. Jika sudah merasa sempurna, Anda tinggal mengontak nulisbuku

Ollie dan anggota nulis buku club saat acara launching e-love story proyject, salah satu proyek kumpulan cerpen dari nulis buku.

lalu buku Anda pun akan muncul di nulisbuku.com. Mengenai harga jual, Anda juga berperan dalam menentukannya. Anda akan menerima perhitungan biaya cetak dari pihak nulisbuku, lalu Anda berhak menentukan harga jual yang menurut Anda pas. Setelah buku Anda muncul di nulisbuku.com, sekaranglah saatnya mempromosikan. Anda harus berusaha sekreatif mungkin mempromosikannya. Oh ya, nulisbuku mengenal sistem print on demand, dalam artian buku Anda akan dicetak sesuai dengan jumlah pesanan. Kehadiran nulisbuku mendapat sambutan hangat. Sesuai tagline-nya Publish Your Dream, maka siapapun bisa mewujudkan mimpinya menerbitkan sebuah buku. Sisi positif lainnya, Anda tidak hanya berperan sebagai penulis, tetapi juga sebagai editor dan marketing untuk buku Anda sendiri. Hebatnya lagi, nulisbuku tidak pilih-pilih, alias menerima semua naskah. Ollie patut menerima acungan jempol berkat inovasinya ini. Sekarang, siapapun bisa menerbitkan bukunya sendiri. Lebih jauh lagi, kehadirannya seolah menyebarkan virus menulis dimana dengan proyek-proyek yang diadakannya membuat setiap orang terpacu untuk selalu berkarya. Bravo, Ollie!

KATA MEREKA DIAN berhasil menjaring beberapa pendapat mengenai nulisbuku.com. Mereka juga telah mewujudkan impian mereka untuk menerbitkan buku di sini. Yuk kita simak apa kata mereka! “Berkat nulisbuku aku memutuskan untuk menekuni dunia penulisan dan bertemu dengan teman-teman penulis yang menyenangkan.” Dannis “Partner saya untuk mewujudkan mimpi!” Jenny “Sarana bwlajar, ngembangin hobi dan pergaulan, sarana tukar pikiran juga suatu wadah yang bisa ngembangin ide kreatif.” Dian “Nulisbuku itu tempat yang pas banget buat mengembangkan inspirasi dan mempublikasikannya. Best self-publisher!!!” Nadya “Kehadiran nulisbuku memberi dampak yang sangat luar biasa menurutku, mulai dari aku jadi lebih sering menulis, aku bisa ketemu sama penulis-penulis yang oke-oke sekaligus jadi sahabatku kini.” Yomi “Nulisbuku itu keren banget, dari ide, cara kerja, dan bagaimana mereka membangun komunitas. Tiada kata lain selain keren.” Adit “Nulisbuku memang pionir sehingga pelayanannya masih perlu ditingkatkan. Peluang bagi setiap buku bagai hukum rimba. Kamu lemah, akan tersingkir karena nulisbuku lebih peduli dengan penulis yang punya komunitas.” Aziz

DIAN 89


ruang

Industrial Classic a la KOI Restaurant and Gallery

90 DIAN

Koi menyajikan menu-menu Eropa dan Asia. Untuk sarapan pagi, Koi menyajikan Bread Baskot, Brioche Friench Toast, Fruit Platter, Fresh Herbs Potato Blinish dan lainnya. Untuk makan siang Anda bisa memesan menu spesial yang ditawarkan KOI, yaitu Cote de Boeuf, yakni Beef Tenderloin yang menjadi salah satu andalannya. Sementara itu, untuk makan malam, tempat ini menyajikan paket Family Style Dinner yaitu paket yang terdiri dari Herber Roast Chicken, dan beberapa hidangan Asia seperti Iga bakar, dan Kungpao Gurame. Untuk minuman, Koi memiliki racikan Classic Coocktails yang diantaranya: Lemon Droop Martini, Classic Martini, dan Classic Bloody Mary. Disaping itu, Koi juga memiliki minuman spesial berupa Koi Signature Cocktail, Guavarita dan Roose Mary Cucumber G+T menjadi minuman andalan para pengunjung. Tidak ada salahnya Anda menjadikan Koi sebagai tempat meeting atau sekedar reuni bersama teman lama. Hmmm, a truly enjoyable place, indeed. Alamat: Koi Kemang: Jl. Kemang Raya No 72 - Jakarta Selatan, Phone (021) 719 5668, Fax (021) 719 5669 Koi Mahakam: Jl Mahakam I No. 2, Jakarta Selatan, Phone (021) 722 2864, Fax (021) 723 6428 Jam buka: 08.00-24.00 Harga: Makanan: Rp 30.000 - Rp 50.000 Minuman: Rp 30.000 - Rp 80.000

Teks: Marissa Anugrah. Foto: Betania

S

uasana nyaman menyelimuti cafe yang ada di bilangan Kemang Jakarta Selatan ini. Memasuki pintu kaca, resepsionis menyapa pengunjung dengan ramah. Di dalam tampak beberapa ekspatriat asik mengobrol sambil menyantap hidangan yang mereka pesan. Memasuki tempat ini lebih ke dalam, maka akan terlihat sebuah bar dengan bangku-bangku pernekel putih tinggi yang berdiri berjajar. Di bagian belakang resto ini terdapat ruang favorit bagi para ekspat yang ingin menikmati wine khas dari berbagai negara. Bentuk meja dan tatanan interiornya terlihat classic dan mampu membuat pengunjung serasa tidak berada di restoran. Adanya tiga partisi pada ruangan ini merupakan nilai tambah bagi tamu yang mebutuhkan privasi lebih. Mengambil tema Industrial Classic, bentuk bangunan yang cozy membuat para pengunjung merasa betah untuk berlama-lama. Kelebihan lainnya, selain sebagai tempat makan, Koi juga digunakan sebagai bersantai bersama kerabat atau keluarga. Hal ini di dukung dengan adanya fasilitas free hotspot bagi setiap pengunjungnya. Selain cafe, di lantai dua juga terdapat gallery. Disini Anda bisa berbelanja berbagai furniture untuk memperindah hunian serta taman rumah Anda. Resto ini ini juga menyediakan function room yang bisa digunakan untuk gathering atau mengadakan acara kantor seperti rapat dan presentasi. Salah satu pengelola cafe ini, mengatakan kebanyakan pengunjung yang datang dari kalangan ekspatriat. “Tempat ini biasanya ramai pada jam makan siang dan makan malam. Selain makan mereka juga biasa kumpul-kumpul,� ujarnya.


ruang

D

Playfull Garden a la Nuzzy’s Mousse and Resto

Teks: Gusti Ayu. Foto: Betania

ua tahun sang pemilik keliling Italia. Tujuannya hanya satu, agar bisa menyajikan hidangan a la Eropa yang bisa menggoyang lidah Anda. Akhirnya, berdirilah Nuzzy’s Mousse and Resto yang mengusung konsep open kitchen dengan alunan live music dari home band. Kelezatan olahan pasta dan keju, dicampur dengan bumbu khas Italia, memang sudah terkenal kelezatannya. Tak heran, jika banyak resto yang menyajikan jenis makanan ini sebagai menu utama. Namun, olahan pasta yang itu-itu saja, seperti lasagna atau spaghetti, adang membuat lidah ini tak penasaran lagi. Tenang, ini tak akan Anda temui saat mengunjungi salah satu resto yang terletak di daerah utara Jakarta, tepatnya di salah satu pusat perbelanjaan besar yang baru dibuka hampir sethan lalu, Central Park. Anda bisa menemukan konsep unik yang tentu saja berbeda dengan resto pasta lainnya, bukan hanya dari segi cita rasa makanan, tetapi juga interior resto. Begitu mampir, Anda akan disambut dengan desain ruangan layaknya sebuah taman. Anda

Alamat: Central Park Mall, Tribeca Park Ground Floor 15 Jakarta Phone (021)8383201 Jam buka: 24 jam Harga: Makanan: Rp 30.000 - Rp 50.000 Minuman: Rp 30.000 - Rp 80.000

serasa melihat bagian belakang rumah yang cukup heboh dengan adanya monster-monster lucu yang menghiasi bagian luar dan dalam resto. Terdapat pagar kayu, meja kayu, dan pepohonan yang mengelilingi area resto yang tidak begitu luas ini. Tempat yang asyik untuk berlama-lama, menikmati hidangan lezat sekaligus berbincangbimcang bersama rekan atau keluarga. Disini Anda bisa memilih area indoor ataupun outdoor, tergantung pada mood Anda pada saat itu. Tak hanya sebatas itu, karena Anda akan kembali dimanjakan dengan pilihan hidangan Italia yang menggiurkan. Menu-menu yang ditawarkan begitu unik dan jarang ditemui di tempat lain. Pasalnya, sang pemilik memilih untuk mengolah sendiri pasta-pasta tersebut. Puluhan resto di Italia telah ia kunjungi untuk bisa menemukan racikan yang pas di lidah orang Indonesia. Sebut saja Paela, olahan beras Italia yang dimasak dengan ragam saus, seperti saus jamur, ayam, dan seafood. Selain itu, ada juga Ribs Pasta dan Gnochi, Aglio Olio Tuna, Creamy Chicken Mushroom, dan masih banyak lagi. Sementara itu, untuk minuman, jangan ragu untuk memesan menu spesia Mr. Snowman yang terbuat dari campuran es krim vanila, jus apel, dan cinnamon. Sebuah sajian menyegarkan dan melepas dahaga Anda di tengah terik matahari siang. Letaknya yang cukup strategis membuat Nuzzy’s seringkali ramai dikunjungi, terutama pada jam makan siang. Hmmmm, setelah lelah berkeliling dan berbelanja di Central Park, langsung saja arahkan langkah Anda menuju Tribeca Park. Anda bisa langsung menemukannya karena hanya Nuzzy’s satu-satunya resto yang mengusung konsep taman seperti ini. Sounds funny and yumy, right?

DIAN 91


K

reportase

onser Far East Movement (FEM) di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (15/3) malam, dibanjiri ratusan penonton. Konser berskala internasional yang digelar berkat kerja sama promotor SentraLive! Lea Jeans dan Smirnof Ice ini dibuka sekitar pukul 20.00 WIB. Sebelum FEM beraksi, tampil sejumlah artis Tanah Air membuka konser, di antaranya DJ Mikey Mooran, DJ Davina, The Angels Percussion Maia Estianty dan Mey Chan. Bukan cuma artis Tanah Air, promotor juga mengundang penyanyi hip-hop asal Amerika Serikat, Jay Smoove, yang tampil pukul 21.40 WIB. Jay Smoove tampil atraktif menyanyikan hitsnya seperti Let Me be Your DJ dengan didampingi dua penari latar dan seorang wanita seksi yang juga ikut menari. Jay Smoove turun panggung, house music kembali menggema dengan penampilan DJ Twist featuring Rad/Bot. Dengan rentetan para penampil pembuka konser Far East Movement yang cukup banyak, beberapa penonton pun justru dibuat kian tak sabar menantikan aksi grup yang melejit namanya lewat hits “Like a G6” Akhirnya, aksi yang ditunggu-tunggu datang juga. FEM naik ke atas panggung berukuran

FA R EA S T M O VE ME NE T 5x10 meter itu tepat pukul 23.10 WIB. Sang DJ, Virman Coquia, menyapa penonton terlebih dahulu baru kemudian disusul tiga rekannya, Kevin Nishimura, James Roh, dan Jae Choung. Lagu “Girls on the Dance Floor” dan “If I Was You” didaulat menjadi dua hits pembuka penampilan mereka. Setelah lagu kedua, para penggemar bersorak ketika seorang personel FEM menyapa mereka. “Kami di sini untuk menggempar Jakarta dengan musik hip-hop yang kami bawa,” ucap Kev Nish. Rupanya ketiga personel FEM tak hanya andal nge-rap. Mereka juga unjuk kebolehan memainkan gitar, keyboard, serta synctytizer di beberapa lagu. Far East Movement menutup konser lewat single yang ditunggu para penggemar mereka, Fly Like a G6, pukul 23.50.

JAKARTA BERTAB J

immy Eat World puaskan kerinduan penggemar mereka lewat konser yang diadakan di Nusa Indah Theatre, Balai Kartini, Jakarta, Minggu (3/4/2011) malam. Suasana terasa penuh keintiman lewat koor-koor kompak penonton sepanjang acara mengawal Jim sang vokalis bernyanyi. Pukul 20.12 WIB, lampu ruangan dipadamkan. Hanya lampu panggung yang dibiarkan menyala. Tak lama berselang, para personil band rock alternatif asal Arizona, Amerika Serikat itu pun muncul dari balik panggung dan disambut tepuk tangan penonton. Tanpa banyak bicara, mereka langsung membuka penampilan lewat lagu ‘Bleed American’, ‘Praise Chorus’, dan ‘My Best Theory’. Suasana pun semakin hangat. Petikan gitar Tom Linton, betotan bass Rick Bursch serta gebukan drum Zach Lind terus mengantar Jim yang juga bermain gitar menyanyikan ‘Coffee and Cigarretes’, ‘Lucky Denver Mint’, ‘Let it Happen’, ‘Futures’ dan ‘Big Casino’. Penonton pun berjingkrak kegirangan sambil ikut bernyanyi. Usai membawakan delapan lagu, Jim minum sebentar dan menyeka wajahnya yang berkeringat. Sesekali Ia menyapa hangat penonton, melambaikan tangan dan tersenyum. Lagu ‘Dizzy’ pun kemudian dimainkan. Disusul dengan ‘Action Needs An

Audience’, ‘Pain’, ‘23’, ‘Get It Faster’, ‘Evidence’ serta ‘Heaven’. Usai membawakan 15 lagu, Jim kemudian mengganti gitar listriknya dengan akustik. Tak lama kemudian, penonton langsung histeris

92 DIAN

ketika tahu lagu yang dibawakan adalah ‘Hear You Me’. Tak hanya disitu, keintiman Jimmy Eat World dan para penggemarnya terus terjalin dalam lagu-lagu selanjutnya seperti ‘Work’, ‘Blister’, dan ‘Goodbye Sky Harbour’. Melihat kompaknya penonton bernyanyi sepanjang acara, para personil terkesima. Jimmy Eat World pun menutup konsernya dengan ‘Invented’, ‘The Middle’, dan ‘Sweetness’ yang semuanya dikawal koor kompak para penggemar. Konser berakhir sekitar pukul 22.00 WIB.

Teks: Lescha M. Foto: Betania

J I M M Y E AT W O R L D


reportase

SHONTELLE, 2 PM S UEDE, TAIO C R U Z

L

ive & Rockin by BlackBerry sukses digelar di Jakarta International Expo arena PRJ Kemayoran, Sabtu (19/3/2011). Pukul 19.05 WIB, konser dibuka dengan penampilan vokal grup asal Korea, 2PM. Aksi Junsu, Nichkhun, Taecyeon, Wooyoung, Junho dan Chansung langsung membuat penggemar dan membuat mereka berteriak histeris. 2PM tampil dengan koreografi Setelah 2PM, giliran Shontelle yang naik ke atas panggung. Didukung dengan penampilan dua sexy dancer, Shontelle memanjakan para pengunjung dengan beberapa hits miliknya, salah satunya ‘Say Hello To Goodbye’. Suasana semakin panas dengan penampilan Taio Cruz. Selama 45 menit, pemilik hits ‘Break Your Heart’ mengajak penggemarnya bergoyang. Waktu yang dinantikan akhirnya

BUR BINTANG BRUNO MARS

Teks: Marissa Anugrah. Foto: Betania

V

okalis, pencipta lagu sekaligus produser asal Los Angeles, California, AS, Bruno Mars, benar-benar membuktikan kelasnya sebagai musisi yang pantas diganjar enam nominasi Grammy Awards 2010, saat tampil dihadapan sekitar 8000 penggemarnya di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (5/4/2011) malam. Tak hanya bernyanyi dengan single yang diciptakannya saja, sebagai pembuktian diri, pria yang bernama asli Peter Gene Hernandez, itu sukses “mengawinkan” dua lagu yang pernah populer bersama grup band grunge legendaris Nirvana dan raja pop Michael Jackson. Ketika raungan distorsi gitar Mars mulai menghentak dengan intro lagu “Smell Like Teen Spirit” milik Nirvana, dia memberikan kejutan pada bagian lirik dengan menyanyikan “Billie Jean Mash-Up” milik Michael Jackson. Sebuah eksperimen musik yang tak diduga oleh penonton ABG (anak baru gede) malam itu. Namun, toh tetap saja hasil kawin silang yang dilakukan Mars berhasil menghip-

tiba. Pukul 22.00 WIB, Suede naik ke atas panggung. Tanpa mengucap sepatah kata, Brett Anderson, Neil Codling, Simon Gilbert, Richard Oakes dan Mat Osman langsung menggebrak dengan hits lawas mereka, ‘This Hollywood Life’ dan dilanjutkan dengan ‘She’. Tidak ingin membuat para penggemarnya diam sejenak, Suede langsung menggeber hits-hits mereka berturut-turut, ‘Film Star’, ‘Animal Nitrate’, ‘We are the Pigs’. Pada lagu ketujuh, Brett mengistirahatkan para penggemarnya dengan lagu ‘By the Sea’. Suasana semakin panas ketika Suede membawakan ‘Electricity’, ‘Can’t Get Enough’, ‘So Young’, ‘Metal Mickey’, ‘New Generation’. Setelah mengajak para penggemarnya menyanyikan ‘Beautiful Ones’, Suede menghentikan sejenak konsernya malam itu. Selang tiga menit, Suede kembali ke atas panggung dan menyanyikan ‘Lazy’. Meski sudah berusia 43 tahun, Brett masih enerjik. Beberapa kali dia mengayunkan mic untuk membakar semangat penggemarnya.Konser Suede malam itu sangat sempurna. Band yang sempat bubar pada 2003 itu pun menutup penampilan mereka di Live & Rockin by BlackBerry dengan lagu ‘Saturday Night’.

Maret-April 2011 adalah surganya pecinta musik di ibukota. Penyanyi mancanegara silih berganti datang dan menghibur penggemarnya di Indonesia.

notis penonton dari kelas festival hingga tribun dan mengajak mereka berjingkrak sambil histeris menikmati suguhan musik. Bruno juga menyuguhkan lagu “Seven Nation Army” milik White Stripes, yang cukup legendaris ikut memberikan warna yang berbeda. Kegilaan penonton tak hanya sekali itu saja, sejak konser yang bertajuk “The Doo Wops and Hooligans Four” itu dibuka pada pukul 20.11 WIB, suasana tercipta bak sebuah film kolosal ketika sebuah suara latar yang menggelegar disusul tabuhan solo drum disertai jeritan histeris langsung membuka intro lagu “The Other Side”. Gimmick itu sukses membakar semangat para penonton saat memulai pertunjukan Bruno Mars di Jakarta. Melihat penonton memberikan antusias seperti itu, Mars seakan tak percaya. “Jakarta apa kabar? Terimakasih, saya bangga hadir di sini, kalian semua terlihat cantik,” seru Mars. Keriuhan kembali melanda ketika Bruno menyanyikan hits “Just The Way you Are”. Konser malam itu ditutup dengan manis oleh lagu “Runaway Baby”.

DIAN 93


reportase MISTERI BATAVIA MENGGUNCANG

angkaian acara Mysteri of Batavia: The Interactive Epic Adventure mulai dibuka sejak tanggal 26 Maret 2011. Sebagai pembuka, lukisan karya Harijadi SUmodidjojo yang selama ini tertutup, akhirnya diperagakan di hadapan publik. Menurut rencana, acara yang merupakan hasil kerja sama antara seniman Indonesia dan Inggris ini akan berlangsung sampai tanggal 15 Mei 2011. Pengunjung tidak hanya bisa menikmati lukisan ini. Justru, lukisan tersebut dijadikan sebuah latar belakang penyelenggaraan teater. Pengunjung diajak mengikuti pesta Rijstaffel bersama Tino Saroengallo dari Teater Koma yang berperan sebagai narator, dalam sesi video mapping projection. Tino lalu mengajak pengunjung bertualang ala detektif pada abad ke-19 dengan bumbu cerita sifat peranakan. Tino pun mengajak penonton ikut serta. Tanpa tahu menahu, seorang penonton dituduh sebagai seorang pencuri pedang. Entah bagaimana caranya pedang itu bisa terselip di pinggang penonton tersebut. Pengunjung pun diajak larut lebih jauh lagi ke dalam narasi Tino. “Kami mereinterpretasikan lukisan tersebut ke medium

KONSER KOIN SASTRA SELAMATKAN

K

PDS H.B JASSIN

omunitas pecinta sastra yang terdiri dari musisi, penyair, penulis, hingga mahasiswa menggelar konser amal untuk Pusat Dokumentasi Sastra H.B Jassin, Rabu (13/4) malam di halaman Bentara Budaya Jakarta di Jalan Palmerah Selatan Nomor 17. Lebih dari 20 seniman dan artis terlibat dalam acara yang digagas lewat jejaring Twitter dan Facebook tersebut. Mereka antara lain Dewa Budjana, Ayu Laksmi, band Kotak, Piyu Padi, Dwiki Dharmawan, Soimah Pancawati, Jose Rizal Manua, Djenar Maesa Ayu, Efek Rumah Kaca, Ananda Sukarlan, Warih Wisatsana, Sruti Respati, I Nyoman Sura, Gunawan Maryanto, Hanna Fransisca, Nussa Band, Saras Dewi, Reda Gaudiamo, Ari Malibu, serta sutradara Garin Nugroho. Khrisna Pabhicara, Wakil Ketua Konser #Koinsastra, Selasa (12/4), mengatakan, konser tersebut merupakan bagian dari kepedulian pencinta sastra terhadap keberadaan Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin yang sekarang terancam bangkrut karena tidak memiliki dana. ”Lewat konser ini kami ingin menggalang pengumpulan dana masyarakat. Seluruh dana yang terkumpul akan diserahkan kepada PDS, antara lain untuk membiayai proses digitalisasi dokumendokumen penting,” ujar Khrisna. Sejumlah individu, pengusaha, dan perusahaan membantu sejumlah alat untuk digitalisasi koleksi itu. ”Sastra mempersatukan kita,” ujar Ketua Dewan Pembina Yayasan H.B Jassin, Ajip Rosidi, menambahkan. Keprihatinan dan kritikan disampaikan melalui puisi, lagu dan tari. “Sebenarnya acara ini harusnya nggak ada dan juga kita harusnya tidak berada di sini,” sindir Piyu “PADI” seraya menambahkan harusnya ada instansi terkait yang cepat tanggap. Efek Rumah Kaca pun membawakan lagu “Jangan Bakar Buku” yang terinsipirasi

94 DIAN

yang lebih modern,” tutur Yudhi Soerjoatmodjo, programme manager British Council yang berperan sebagai pihak penyelenggara. Selama rangkaian acara, pengunjung bisa menikmati interactive animated performance, komik digital, game online, dan treasure hunt. Untuk info lebih lanjut, silakan kunjungi mysteriofbatavia.com. Masih ada beberapa hari lagi dan Anda masih bisa menyaksikan acara ini untuk mengisi waktu di akhir pekan.

dari kejadian nyata pembakaran buku di Indonesia dan berharap jangan sampai PDS H.B Jassin mati. Kolaborasi unik Dewa Budjaka, Dwiki Dharmawan, pesinden Soimah, dan dalang edan Sudjiwo Tedjo, khusus tampil dalam konser ini juga menjadi salah satu daya tarik acara ini. Kolaborasi mereka memberi hiburan tersendiri bagi penonton. Konser Koin Sastra dengan Feby Febiola dan Suryo Laksono sebagai pembawa acara sampai dengan akhir acara berhasil mengumpulkan sumbangan lebih dari 50 juta. Garin Nugroho dalam orasi budayanya berkata,”Hari ini dengan koin-koin ini kita jangan menghitung jumlah yang banyak, menghitunglah (dengan) nurani kita untuk memberi sesuatu.” Selain itu, puluhan relawan juga siap membantu langsung mendokumentasikan koleksi-koleksi berharga di sana. PDS HB Jassin yang didirikan tahun 1977 menyimpan sekitar 50.000 dokumen sastra Indonesia modern. Di tempat itu juga tersimpan naskah-naskah yang ditulis para pengarang sejak tahun 1900. Tidak mengherankan jika PDS HB Jassin menjadi rujukan bagi penelitian-penelitian kebudayaan dan sastra dari dalam dan luar negeri karena dinilai sebagai pusat dokumentasi sastra terlengkap di Indonesia. Saat ini ribuan koleksi karya sastra yang tersimpan di PDS terancam rusak karena pengelola tidak memiliki dana yang cukup untuk merawat dan menyimpan koleksi yang dikumpulkan HB Jassin secara teliti. Berangkat dari kenyataan tersebut, komunitas pencinta sastra yang terdiri atas para penyair, musisi, sutradara, penulis, pelukis, dan mahasiswa menggulirkan gerakan #Koinsastra melalui jejaring sosial. Gerakan moral itu dalam waktu singkat bergulir di kampuskampus dan komunitas sastra di seluruh Indonesia. Hasilnya, sejumlah uang dan perlengkapan komputer. Kabar terakhir, gerakan Koin Sastra menyerahkan dana sebesar Rp 110 juta, 11 perangkat komputer, dua unit printer, serta empat scanner senilai Rp 43 juta untuk pengembangan PDS HB Jassin.

Teks: Gusti Ayu. Foto: Betania

R

KOTA TUA


reportase NASIONALISME REPUBLIK FASHION DI

S

SENAYAN CITY

enayan City kembali menggelar parade fashion yang bertajuk Fashion Nation untuk yang keenam kalinya. Acara tahunan ini berlangsung selama satu minggu dari tanggal 16-25 Mei 2008. Diawali dengan pembukaan butik Fashion First, butik eksklusif ono mempersembahkan karya-karya lima perancang dalam negeri ternama, Barli Asmara, Priyo Octaviano, Ade Sagi, Ichwan Toha dan Rusli Tjohnardi. Karya kelimanya dipamerkan dalam sebuah fashion show yang di gelar di main atrium Senayan City, Jumat (16/5/2008). Mulai dari baju kasual hingga gaun pesta yang mewah dipamerkan di sana. Tak hanya pakaian bagi perempuan, beberapa perancang juga menyediakan baju-baju bagi pria yang peduli fashion. Acara Fashion Nation juga akan diisi oleh berbagai fashion show dari brand-brand fesyen ternama seperti Allure batik, Banana Republic, Converse, Debenhams, Topshop Topman, dan masih banyak lagi.

DRAMA MUSIKAL ‘ALI TOPAN’: TRAGEDI

Teks: Fitria R. Foto: Betania

A

DALAM SOROTAN RETRO

li Topan bangkit dari halaman kusam novel karya Teguh Esha yang telah lama tersimpan di rak dan mungkin hampir terlupakan. Muncul dengan duduk angkuh dan dingin di atas motor trail kuning, rambut gondrong khasnya segera mudah dikenali. Si Anak Jalanan itu muncul kembali di atas panggung drama musikal karya sudradara dan koreografer Ari Tulang. Tokoh fiksi dari khasanah budaya pop Indonesia 1970-an itu juga pernah difilmkan, dan kali ini mewujud nyata dalam sosok yang diperankan oleh Dendy, mantan vokalis band Kunci, dalam sebuah pagelaran teater musikal yang berlangsung di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, 11-17 April 2011 silam. Ali Topan tidak berubah, tetap setia dengan jaket kulit, dan celana panjang cutbray. Dia bergentayangan bersama geng-nya di Aldiron Plaza, Blok M. Ali Topan adalah anak orang kaya yang kecewa dengan kehidupan hedonis orang tuanya yang penuh kepalsuan. Pada suatu saat, Ali Topan bertemu dan jatuh cinta kepada Ana Karenina. Mantan vokalis Cokelat, Kikan, memerankannya dengan sangat bagus. Di atas panggung, dia tampak begitu remaja, anggun dan cantik. Namun, di balik itu semua, sama halnya dengan Ali Topan, gadis itu juga menyimpan amarah yang menggelegak terhadap kehidupan keluarga ningratnya yang penuh aturan dan mengekang kebebasannya. Amarah sepertinya memang menjadi nafas drama musikal ‘Ali Topan’ yang pada dasarnya merupakan kisah cinta itu. Namun, kisah yang sederhana itu diolah oleh Ari Tulang menjadi pertunjukan yang penuh emosi. Energinya dahsyat, mood-nya terbangun dengan sangat baik, dan berakhir klimaks. Semua dialog antartokoh dituangkan dalam bentuk lagu yang digarap oleh Dian HP. Pada adegan-adegan berantem antara anak dan orangtua, musikal ini menemukan puncak-puncak ketegangan dramatiknya, dan berhasil membuat penonton menahan nafas. Sesuai dengan spirit pemberontakan anak muda ala 70-an yang masih relevan

Kejutan terdapat di hari terakhir yang dimeriahkan oleh peragaan busana anak di hari terakhirnya. Parade busana anak ini mengangkat tema ‘Kids Love Fashion Show’. Acara ini mampu menarik perhatian pengunjung pusat perbelanjaan tersebut karena menampilkan anak-anak kecil sebagai model. Tingkah laku anak-anak di atas panggung runway pun mengundang banyak tawa para pengunjung Senayan City. Dengan tema ‘Kids Love Fashion Show’ sederetan brand fashion anak-anak menampilkan koleksi mereka. Brand-brand tersebut antara lain, Marks & Spencer, Lacoste, Guess Kids, Gap Kids, Debenhams Kids, Burberry children, dan ditutup oleh Alleira. Hampir semua brand menyuguhkan busana musim panas untuk anak yang nyaman namun tetap bergaya. Misalnya saja, rangkaian celana chino, atasan berwarna pastel yang lembut, serta beragam potongan jeans mulai dari celana pendek, celana panjang hingga jaket. ‘Kids Love Fashion Show’ ditutup oleh peragaan busana dari Alleira yang menampilkan beberapa artis papan atas Indonesia bersama para anak mereka. Mereka adalah Indy Barends, Wulan Guritno, Chantal de la Concetta, Safina Ferdy dan Arzeti Bilbina.

sampai sekarang, Dian HP membingkai koreografi Ari Tulang dengan musik rock. Namun, Dian juga memasukkan unsur-unsur musik tradisional Betawi, Jawa dan Sunda untuk menyesuaikan dengan tiap-tiap karakter. Sedangkan Ari mempertebal atmosfer budaya 70-an dengan meretrospeksi segi fashion, theme song, dan setting lokasi. Satu lagi keunggulan dari musikal ‘Ali Topan’ adalah kesan glamour yang ditampilkannya. Tata artistik terbilang sederhana, tetapi efektif menciptakan impresi yang mendalam pada tiap adegan. Puncaknya terjadi pada adegan ketika Ali Topan di penjara, dan pada saat yang bersamaan Ana putus asa di kamarnya. Selain menampilkan para mantan vokalis band sebagai bintang utama, pertunjukan ini diperkuat oleh sejumlah alumni Akademi Fantasi Indosiar (AFI), Trie Utami, Ricky Johanes, Lisa Depe dan Sita Nursanti. Secara umum, semua cast bermain kuat, dengan vokal penuh stamina. Pertunjukan ini terbilang rapi, enak dinikmati, menyentuh, dengan sentuhan humor yang pas, tanpa banyolan lebay yang sia-sia. Koreografinya ringan, mengalir, dengan sejumlah gerakan eksotik pada beberapa bagian. Mengingat hal itu, pertunjukan ini mensyaratkan penontonnya harus berumur 18 tahun ke atas. Selain menghidupkan kembali kisah lama yang mungkin telah terlupakan, Ali Topan The Musical juga menjadi bukti eksistensi drama musikal sebagai sarana hiburan baru di Indonesia.

DIAN 95


reportase

POND’S PURE WHITE FESTIVAL

Keterangan gambar: 1. Afgan tampil sebagai salah satu pengisi acar

Beautiful Skin, Make-Up & Hair-Do Talk Show dengan Fira Basuki, Adi Adrian dan Agni Pratistha. Under Water Beauty Showcase

P

OND’S facial wash sebagai salah satu produk perawatan kecantikan dari PT Unilever Tbk yang mengerti akan kebutuhan perempuan Indonesia yang aktif dan dinamis, melalui POND’S Pure White Festival hari ini meluncurkan POND’S Pure White baru yang mengandung Activated Carbon yang terbukti mampu menyerap dan mengangkat semua kotoran dan mengurangi kekusaman pada kulit sehingga membuat wajah tampak lebih cerah dan bersih. Sebagai produk perawatan wajah, POND’S mengerti kebutuhan perempuan aktif dan dinamis yang selalu mencari sesuatu yang efektif dan terpercaya dalam menjaga kebersihan wajahnya. Oleh karena itu, POND’S meluncurkan POND’S Pure White, yaitu inovasi produk pembersih wajah terbaru dari POND’S, yang hadir untuk melengkapi rangkaian pembersih wajah. POND’S Pure White mengandung activated carbon yang sudah terbukti dapat mengangkat debu dan kotoran sampai ke pori-pori terkecil termasuk bekas make-up secara maksimal. POND’S memperkenalkan POND’S Pure White dalam acara POND’S Pure White Festival yang digelar hari Sabtu, 2 April 2011 di Epicentrum Walk Rasuna, Kuningan dengan tema “Celebrating the Breakthrough in Beauty”. POND’S Pure White Festival menyuguhkan rangkaian acara hiburan yang sangat menarik antara lain fashion show dalam air atau Underwater Beauty Showcase yang diperagakan oleh selebriti kondang seperti Agni Pratistha, Atiqah Hasiholan, Cathy Sharon, Indah Kalalo, Maria Agnes, Marissa Nasution, Pevita Pearce, Rebecca Reijman, Tika Putri dan Velove Vexia. Selain itu, adapula kegiatan workshop dengan tema yang dekat dengan dunia perempuan yakni seputar kecantikan kulit, makeup, tata rambut,

96 DIAN

fashion dan gaya hidup. Beauty talkshow ini menghadirkan POND’S Brand Manager, Arief Tjakraamidjaja, Dermatologist Dr. Edwin Djuanda dan Unilever R&D Team, Lestri Fajrinia sebagai pembicara. Pengunjung juga bisa menikmati Beautiful Skin, MakeUp & Hair-Do Talk Show dengan Fira Basuki, Adi Adrian dan Agni Pratistha. Siang harinya, acara dilanjutkan dengan Beautiful Skin & Fashion Talk Show bersama Trisna Adiwibowo, Barli Asmara dan Atiqah Hasiholan. Acara masih berlanjut hingga sore hari dengan Beautiful Skin, Food & Fitnes Talk Show yang diisi oleh Petty Fatimah, Bara Pattiradjawane dan Maria Agnes sebagai pembicara. Selama satu hari penuh, POND’S Pure White Festival juga menghadirkan penampilan musik dari penyanyi dan band papan atas yakni Afgan, Alexa, Ello, Maliq & D’Essentials dan DJ Anton & Future 10. POND’S Pure White Festival dibuka untuk umum dari pukul 10.00 WIB sampai 22.00 WIB. Sebagai tiket masuk dan mengikuti acara, pengunjung hanya perlu membawa botol bekas pembersih wajah atau milk&toner mereka atau dengan membeli POND’S Pure White di tempat seharga Rp 10.000,-. Acara ini bisa dibilang sebagai pelopor, di mana sebagai sebuah produk kecantikan POND’S telah mendapat tempat di tengah masyarakat. POND’S Pure White Festival mencoba memadukan antara fashion, musik, edukasi, dan kecantikan ke dalam sebuah acara yang saling terintegrasi dan mendukung satu sama lain. Rencananya, ini akan diadakan secara annual, mengingat produk kecantikan dan fashion akan selalu mendapat tempat di tengah masyarakat serta terus berkembang seiring pergerakan waktu. See you next year!

Teks:Ifnur Hikmah. Foto: dok. POND’S

2. 3.


reportase

JAKARTA INTERNATIONAL JAVA JAZZ FESTIVAL 2011

M

engusung tema Remarkable Indonesia: Harmony Under One Nation, ajang tahunan para pecinta jazz, jakarta Internasional Java Jazz Festival. Untuk tahun ini, acara dipindahkan ke JiExpo Kemayoran karena antusiasme khalayak yang luar biasa. Selama tiga hari, 4-6 Maret 2011, Java Jazz menyuguhkan para musisi jazz, baik dari tanah air maupun musisi kaliber internasional. Banyak nama besar yang memanjakan para penggemar musik jazz selama gelaran berlangsung. Sebut saja Benny Likumahuwa, Maliq ‘n D’Essentials, Glenn Fredly, Sandhy Sondoro, Andien, group Shadow Puppets, group Notturno, Dira Sugandi, Dwiki Dharmawan, group Simak Dialog, Fraya, Ade Irawan, group Indonesia Nu Progressive, Idang Rasjidi, group Tohpati Bertiga, group Indra Lesmana-Barry Likumahuwa-Sandy Winarta (LLW), GIGI Big Band, group Chamber Jazz (Iwan Hasan, Andien, Enggar, Merry Kasiman), Jopie Item, Oele Pattiselanno, Nial Djuliarso, group The Husbands & Wives feat. Otti J., Yance M., Endah N Rhesa, RAN dan Nikita Dompas. Tidak ketinggalan musisi jazz generasi terbaru yang baru saja menyelesaikan pendidikan di Belanda; Johanes Radianto, Dhani Syah, Elfa Zulham dan Sri Hanuraga. Mereka berhasil menyuguhkan musik yang dahsyat dan menghibur di sepanjang acara. Seperti tahun-tahun sebelumnya, yang paling ditunggutunggu selama acara berlangsung siapa lagi kalau bukan artis internasional yang unjuk kemampuan dalam special show. Untuk tahun, pihak penyelenggara berhasil menghadirkan maestro gitar Carlos Santana, George Benson, Corrine Bailey Rae, Kenny Loggins, George Duke, Charlie Haden, Sondre Lerche, Joey DeFrancesco, Rhoda Scott, Jamie Lidell, Kamal Musallam, Ernie Watts, Steve Smith, group Acoustic Alchemy, Ed Motta, Jose James, Brian Culbertson, Kai Eckhart,

group Juan de Carlos Afro-Cuban All Stars, group Bauchklang, Maurice Brown, Roy Hargrove, Roberta Gambarini, group Rasmus Faber & RaFa Orchestra, Vinny Valentino and Robert Glasper Experience. Keseluruhan pengisi acara bertebaran sepanjang hari di 17 panggung yang telah dipersiapkan. Kejutan hadir dari George Benson yang berkolaborasi dengan Magenta Orchestra menyajikan George Benson’s Tribute to Nat King Cole. Pengunjung pun diajak bernostalgia dengan lagu-lagu lawas yang everlasting milik Nat King Cole. Yang ditunggu-tunggu tentu saja sang maestro gitar Carlos Santana. Santana tampil santai, lengkap dengan topi fedora yang menjadi ciri khasnya. Cabikan gitarnya meraung-raung memenuhi JiExpo Kemayoran dan membawa pengunjung larut dalam beberapa lagu yang sudah tak asing lagi. Beberapa lagu yang dibawakan antara lain Maria, Bailamos, Hero, Game of Love, dan sebagainya. Bukan hanya musisi internasional saja yang mendapat sorotan. Solois Indonesia yang memulai awal akriernya di daratan Eropa, Dira Sugandhi dan Sandhy Sondoro, juga tak kalah banyaknya mendapat apresiatif. Kejutan lain hadir dari Elfa SInger. Meski telah ditinggalkan Elfa Secioria, mereka tampil dengan formasi lengjap. Panggung JJF sekaligus menjadi saksi reuni mereka. Sekitar 100 ribu pengunjung diperkirakan hadir merayakan festival jazz terbesar di Indonesia ini. Bukan hanya penggemar jazz, siapapun tumpah ruah di sini. “Saya tiap tahun selalu datang, meskipun saya bukan penggemar berat musik jazz. Tahun ini saya menonton Santana, tapi saya juga ingin menonton artis lokal seperti Maliq, Dira, Shandy,” ujar Lolo, 28 tahun, yang datang bersama dua orang temannya dari Bandung. Musik memang bahasa universal. Melalui pesta ini, pihak panitia mencoba menyatukan berbagai elemen masyarakat Indonesia di bawah satu bendera: musik. See you guys next year!

Teks: Hanna V. Foto:Betania

Keterangan gambar: 1. Salah satu penampilan dalam George Benson’s Tribute to Nat King Cole 2. Vokal sempurna Roberta Gambarini. 3. Carlos Santana menyapa penonton special show Jakarta Internasional Java Hazz Festival 2011

DIAN 97


bidik

Senja di Pelabuhan Tua Oleh: Rini Puspitasari

Sepasang kaki tua melangkah ringkih disamping megahnya kerangka besi...

Dan seorang bapak yang mengais rejeki di tumpukan kapal demi keluarga tercinta Juga anak kecil yang beristirahat di pinggiran dermaga

98 DIAN



dian magazine