Page 1

getaway SWEET ESCAPADE IN

AMBON MANISE CHASING AUTUMN IN

KANSAI

ST. PETERSBURG BETWEEN GLORY AND TRAGEDY MARCH 2013 ISSUE

www.getaway.co.id


tabl e of con ten ts

MARCH / 2013 18 GRAND JOURNEY 40 ADVENTURE St. Petersburg: Between Glory and Tragedy

Alam membentang Gunung Sumbing

70 TRIBE & CULTURE

30 EXPLORE

46 EDITOR’S LIST

74 LOVE INDONESIA

Sweet Escapade in Ambon Manise

Chasing autumn in Kansai

Malam Kramat Panjang Jimat

Pontianak

38 URBAN STORY 64 TRAVEL NOTES Berbagi Cerita

Mengembara Bira Besar

Lewat Foto

ON THE COVER hal. 40

hal. 18 hal. 30 Photo: Church of The Savior on Blood Arsitektur gereja ini memiliki ciri khas arsitektur abad pertengahan di Rusia, merayakan semangat romantisme dan nasionalisme.

MARCH / 2013

22


3 OCTOBER / 2012


getaway Advisors Gary Lilardi Iwan CEO Cicilia Sudargo Head of Business Development Ria Angelina

Editor’s Note Berjalan-jalan bukan berarti hanya melihat saja, namun juga mengetahui kisah dan sejarah yang ada di suatu destinasi. Sebuah destinasi wisata menjadi lebih menarik saat ada suatu kisah di baliknya. Seperti halnya rubrik grand journey kali ini yang mengangkat St. Petersburg, kota yang begitu kaya akan kisah-kisah dari masa lampau, memberikan imajinasi dan membawa pulang cerita yang lebih dari sekedar “tempat yang indah”. Namun berjalan-jalan juga berarti membuat kisah sendiri, merajut memori Anda tentang suatu destinasi wisata. Tidak heran banyak orang menuliskan pengalaman mereka, baik dalam bentuk travel journal maupun online blog. Kisah-kisah ini jugalah yang akan menarik orang lain untuk mengunjungi destinasi tersebut.

Editor in Chief Cita Arsita Farani Editor Wilma Hartyandari Writer Ivana Fedora Art Designer S. Eko Andi Purnomo Photo Editor Edric Rahardja Advertising & Promotion Wilman Anugrah (wilman.getaway@gmail.com)

Contributors Miranda Fevriani Nesa Deskandini Pulung Uci Rizki Pradana Yudasmoro

getaway!

diterbitkan oleh

PT GI Media Jl. Suryopranoto no.73. Petojo Jakarta Pusat 10160.

Getaway! Magz

Now take a break, because it’s time for your getaway!

MARCH / 2013

4

getawaymagz


March

age nda

1-3

Untuk mempromosikan kerajinan tangan seluruh Indonesia, International Furniture & Craft Fair Indonesia (IFFINA) akan diselenggarakan hingga tanggal 14 di Jakarta International Expo (JIExpo), Jakarta.

12 Java Festival Production (JFP) akan kembali melaksanakan salah satu festival jazz terbesar di dunia, Jakarta International Java Jazz Festival 2013 dengan tema “Jazz Up The Worldâ€?. Java Jazz ke-9 ini akan menjadi tempat berkumpul para musisi jazz dunia seperti Lisa StansďŹ eld dan Joss Stone di Jakarta International Expo (JiExpo) hingga tanggal 3 Maret 2013.

6

Desainer dunia akan berkumpul untuk acara Shanghai International Fashion Culture Festival di Shanghai New International Expo Center, Cina, hingga tanggal 14 Maret 2013.

Bali Spirit Festival merupakan acara berskala internasional terutama bagi kalangan musisi, penari, dan pelaku yoga. Acara yang kini memasuki tahun ke-6 tersebut akan berlangsung hingga 24 Maret di Ubud, Bali.

22

11

20

Auckland Art Festival 2013,, festival yang akan menampilkan kerajinan New Zealand dan juga internasional ini akan digelar hingga 24 Maret 2013 di St Auckland, New Zealand.

Asosiasi Perusahaan Agen Penjual Tiket Penerbangan Indonesia (Astindo) akan menggelar pameran perjalanan wisata bertajuk Astindo Fair 2013 hingga tanggal 24 Maret 2013 di Gedung Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta

KBS Music Bank World Indonesia akan diisi oleh idola K-pop seperti Super Junior, 2PM, dan SHINee di Gelora Bung Kano, Jakarta.

Aktor tampan asal Korea Selatan akan menjumpai para penggemarnya dalam Lee Minho Global Meeting in Jakarta di Plenary Hall JCC, Jakarta.

9

23 5 MARCH / 2013


besage t tim ndae

Where: Bunol, Spanyol

When: Agustus

Why:

Inilah perang makanan terbesar di Spanyol, La Tomatina Festival. Festival tahunan ini telah dilaksanakan sejak tahun 1945. Dengan disediakannya lima truk berisikan tomat, para warga dengan bebas bermain dengannya. Festival yang diadakan selama 1 jam ini akan mengubah kawasan menjadi bernuansa merah. Anda akan melihat lautan manusia berlumuran tomat yang berdesakan serta saling melemparkan tomat. Tak jarang turis asing juga ikut berpartisipasi karena festival ini memang unik. Siap-siap terkena lemparan tomat merah jika Anda mengikuti festival ini.

QUICK!FACTS

Teks: Ivana Fedora foTo: Faltublog

Ribuan tomat yang digunakan pada La Tomatina Festival, khusus ditanam untuk festival ini.

MARCH / 2013

6


wha age t’snda up

ITHF

Bersama BNI Februari 2013

I

ndonesia Travel & Holiday Fair (ITHF) 2013 ini menjadi ajang pameran wisata dan perjalanan komprehensif dan terbesar yang paling ditunggu di tahun ini, baik oleh para pelaku industri wisata maupun masyarakat luas. Dengan tema “WORLD ON SALE” yang artinya ke manapun tujuan wisatawan, akan ada diskon besar-besaran dengan harga yang fantastis, RajaMICE selaku penyelenggara bekerja sama dengan BNI sebagai satu-satunya official banking partner. BNI menyediakan beragam paket menarik untuk para wisatawan di perhelatan yang digelar di Jakarta Convention Centre (JCC) Hall A pada tanggal 15-17 Februari 2013 dan dikuti oleh lebih dari 100 perusahaan seperti hotel, agen perjalanan, aksesoris, dan theme park. Beberapa maskapai

MARCH / 2013

8

unggulan ikut serta dalam pameran ini seperti Garuda Indonesia, Citilink, dan Singapore Airlines, tentunya memberikan penawaran wisata yang menarik untuk para pengunjung. “Diperkirakan ITHF tahun 2013 ini dapat menarik minat sekitar 60 ribu pengunjung dengan target transaksi sekitar Rp 60 ribu miliar,” jelas Panca R. Sarungu selaku Chief Executive Officer Raja MICE “Wisata kini sudah menjadi gaya hidup. Wisatawan tak lagi menunggu libur sekolah, lebaran, atau akhir tahun untuk melakukan perjalanan wisata. Mereka memilih long weekend atau low season karena lebih murah,” lanjutnya. ITHF 2013 juga diselenggarakan bersamaan dengan Indonesia Wellness and Medical Tourism Fair (IWMTF) 2013, yang menyajikan paketpaket wisata medis yang menarik.


The Budgie$ & Travel Awards

P

Teks: WIlMa HartYandarI foTo: IStIMeWa

agelaran penghargaan yang diadakan untuk menghormati pihak-pihak yang berkecimpung di dunia wisata, The Budgie$ & Travel Awards, digelar pada awal Februari kemarin di Marina Bay Sands, Singapura. Pagelaran ini merayakan usaha, keberhasilan, dan kegigihan dari low cost travel industries. Penghargaan ini dapat terlaksana karena campur tangan Travel Distribution World Asia, sebuah platform yang dimiliki Asia untuk urusan pariwisata. Travel Distribution World Asia

mengundang travel industry innovators, forward thinkers serta revolutionaries, semuanya adalah pihak-pihak yang dirasa memiliki gagasan untuk memajukan industri pariwisata di kawasan Asia. Di kesempatan ini juga, Dusit Thani Maldives mendapatkan penghargaan sebagai hotel terbaik di kawasan Asia PasiďŹ k berdasarkan pelayanan dan fasilitas melalui sistem voting yang dilakukan secara global.

New Executive Vice President (EVP) PT Aerowisata

PT

Aerowisata telah bergerak dalam bidang industri perhotelan selama lebih dari 40 tahun. Pada tanggal 13 Februari 2013, PT Aerowisata mengumumkan Executive Vice President Hotels & Resorts yang sebelumnya dijabat oleh Anton Partono kini digantikan oleh Francis Dehnhardt. Alex Maneklaran selaku President Director mengatakan bahwa Francis mempunyai pengalaman dan passion yang besar dalam dunia

pariwisata. Sebelumnya, Francis menjabat sebagai General Manager di Sanur Beach Hotel Bali sejak tahun 2011 dan membuat Sanur Beach Hotel Bali sebagai hotel nomor satu di Sanur, Bali. Pria yang berasal dari Jerman ini telah tinggal dan menempuh studinya di berbagai negara selama hidupnya. Pengalaman lebih dari 19 tahun sebagai manajer senior di beberapa hotel di Bali, Jakarta, Batam, Bintan, serta Uzbekistan telah ia jalani.

9 MARCH / 2013


Formula 1 Petronas Malaysian Grand Prix

A

cara Formula 1 Petronas Malaysian Grand Prix pada tahun 2013 ini yang juga merupakan ulang tahun ke-15 pastinya ditunggu oleh semua peminat Formula 1. Ini karena berbagai aktivitas dan hiburan menarik akan dipersembahkan selama acara berlangsung. Pada tahun ini, Malaysia akan menjadi tuan rumah untuk Round 2 season 20-leg Formula 1

World Championship di Sepang International Circuit pada tanggal 22-24 Maret 2013. Formula 1 musim ini akan menampilkan 11 tim dengan 22 pembalap yang akan berlomba dengan kehadiran Sebastian Vettel (Jerman) yang telah memegang tahta selama 4 tahun.

Holiday Inn Express Mulai Beroperasi di Phuket

H

oliday Inn Express meresmikan properti pertamanya di Phuket pada tanggal 18 Februari kemarin. Holiday Inn memberikan para pelancong yang menjambangi Phuket dengan fasilitas nyaman dengan harga terjangkau. Berlokasi di tempat yang strategis, Holiday Inn Express Phuket Patong Beach memiliki segala syarat untuk menjadi spot yang tepat bagi para turis. “Zaman sekarang, para wisatawan

MARCH / 2013

10

sudah mencari akomodasi yang nyaman namun tetap terjangkau, akan menjadi nilai tambah apabila lokasinya berada di tempat yang strategis,� ungkap Jonathan Mills, Head of Operations Holiday Inn Express Phuket Patong Beach. Nampaknya Holiday Inn sudah memiliki formula yang tepat untuk makin mendalami industri ini.


o d n i 3 t s 1 A r 20 i a F 4

22-2

ch Mar

ONV

AC ART

AK

all, J

yH mbl

Asse

2013

R

BEST ENSIVE S ’ A I S PREH ONE IND ST COM O & M EL FAIR! TRAV

ENTE

C ON I T N E

Endorsed by:

Supported by:

Insurance Sponsor:

Supporting Airlines:

Organized by:

Media Partner:

Pacto Convex Ltd. Lagoon Tower Level B1, The Sultan Hotel Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta 10270 Phone : (62-21) 570 5800 Fax : (62-21) 570 5798 www.pactoconvex.com

www.astindofair.com

Internet Powered by:


urba bod yn stor treayt

Instagram dengan segala kelebihan dan kekurangannya memberikan “budaya� baru bagi para penggila jejaring sosial.

M

embahas tentang jenis-jenis jejaring sosial pada masa sekarang ini memang tidak ada habisnya, perkembangannya yang sangat pesat kadang membuat kita merasa ketinggalan. Selalu saja ada situs-situs baru jejaring sosial di dunia maya. Jenis interaksi yang ditawarkan pun sangat beragam, mungkin hal itulah yang dijadikan salah satu daya tarik situs-situs tersebut. Mulai dari yang sederhana seperti mengobrol dengan teman, sampai jenis interaksi yang membuat penggunanya bisa berbagi informasi apapun seperti gambar maupun keadaan sekitarnya, keadaan cuaca misalnya. Salah satu demam yang sedang dialami oleh penggila situs-situs jejaring sosial masyarakat MARCH / 2013

12

perkotaan belakangan ini adalah Instagram, sebuah media sosial yang memperbolehkan para penggunanya membagi foto-foto hasil jepretan mereka di dunia maya. Instagram menjadi populer mungkin karena jenis interaksinya. Dengan memamerkan hasil jepretan foto, para para pengguna Instagram tersebut dapat berbagi cerita lewat foto-foto yang mereka pampang serta mendapatkan respon-respon dari para pengguna Instagram lainnya di seluruh dunia ini. Dikembangkan pertama kali di San Francisco, ketika Kevin Systrom dan Michael Krieger sedang mengerjakan sebuah proyek tentang fotograďŹ ,

Teks: WIlMa HartYandarI foTo: droId lIFe, beCKYHIggInS

Berbagi Cerita Lewat Foto


Burbn untuk mobile photography. Kedua partner ini sama sekali tidak menyangka bahwa Instagram ini akan berkembang dengan sangat pesat. Seiring perkembangan tersebut, sekitar awal tahun 2011, Instagram menambahkan simbol pagar ( # ) atau yang lebih dikenal dengan istilah hash tag, yang menjadi sangat populer dan sering digunakan di jejaring sosial media manapun. Terbukti bahwa Instagram memang mampu memberikan suatu kebudayaan baru di kalangan penggila dunia maya. Pada tahun awal dioperasikannya Instagram, yaitu pada tahun 2010, Instagram sudah berhasil menjaring sekitar satu juta pengguna. Tentunya angka itu terus bertambah. Pada akhir tahun 2012 kemarin, sebuah data mengatakan bahwa sudah ada sekitar 30 juta akun Instagram. Sekitar Agustus 2011 saja sudah terdapat sekitar 150 juta foto yang terdaftar di Instagram. Sungguh perkembangan yang mengagumkan. Namun tidak ada hal yang sempurna. Belakangan tersebar isu tentang masalah hak cipta dari foto-foto yang terdapat di Instagram, mengatakan bahwa pihak Instagram diam-diam menggunakan foto-foto menarik yang ada di

Instagram untuk kepentingan advertising tanpa seizin si pemilik. Benar atau tidaknya isu tersebut, sampai kini juga masih simpang siur. Di luar itu semua, Instagram nampaknya kini menjadi “budaya� baru yang dengan cepat menjadi demam di kalangan masyarakat ibu kota yang aktif dengan jejaring sosialnya.

13 MARCH / 2013


travel tips

Travelling With Baby Bayi bukan halangan bagi pasangan muda dalam berwisata.

S

ebagian pasangan muda tidak ingin membawa bayi mereka saat berwisata. Ada rasa takut bayi sakit, tidak leluasa, bahkan repot. Sebenarnya tak perlu khawatir asalkan tahu beberapa hal yang harus diperhatikan. Persiapkan perlengkapan khusus seperti tas bayi, kereta bayi, atau baby carrier.

bayi diperbolehkan, namun Anda akan diminta untuk mencicipinya.

Jika Anda terbang jarak jauh, minta kursi sekat dan siapkan tempat tidur bayi sebelum penerbangan. Bassinet dapat digunakan untuk anak hingga usia 18 bulan, namun paling cocok untuk bayi di bawah delapan bulan.

Bawa popok lebih banyak karena perubahan tekanan udara bisa mengakibatkan gangguan pada perut bayi.

Sampailah ke bandara lebih awal sebelum check in.

Jika membawa anak-anak kecil dalam penerbangan panjang, bawakan baju piyama untuk waktu malam.

Ingat bahwa di dalam pesawat tidak boleh membawa tempat air atau makanan lebih besar dari ukuran 100 ml. Susu dan makanan

Jangan terlalu khawatir tentang jet lag, anak kecil tidak terlalu terpengaruh dibanding orang dewasa.

1414

MARCH NOVEMBER / 2013 / 2012

Teks: Ivana Fedora

Bawa beberapa mainan ukuran kecil kesukaan bayi Anda.


on top

THE BIGGEST POOL IN THE WORLD

U

ntuk para penggemar olahraga berenang sekaligus travelling, Anda patut mengunjungi kolam renang terbesar di dunia ini. The Crystal Lagoon, San Alfonso del Mar Resort yang terletak di Kota Algarrobo, Chili. Dengan panjang 915 meter dan luas 20 hektar, kolam renang ini dianugerahi sebagai kolam renang terbesar di dunia. Untuk Anda yang belum pernah datang ke sini, mungkin tak terbayangkan kalau ini sebuah kolam renang. Tampak kolam ini lebih mirip seperti laut, apalagi lokasinya yang berada tepat di tepi pantai. Kolam ini memerlukan air sebanyak 66 juta galon untuk memenuhinya. Sumber air didapat dari air laut yang telah melewati tahap penyaringan hingga tak terasa asin. Berbagai teknologi canggih telah disiapkan pengelola seperti sistem monitoring yang menggunakan komputer dan pengatur suhu.

MARCH / 2013

16

Untuk pengamanannya tak perlu dikhawatirkan karena ada ratusan penjaga yang siap menolong dan membantu. Selain terbesar di dunia, kolam ini juga memiliki pemandangan yang sangat cantik. Di sela-sela aktivitas renang, Anda bisa menikmati pantai selatan Chili yang begitu indah. Anda tidak hanya bisa berenang di kolam raksasa ini, tapi juga bersantai di atas ban berenang. Bahkan jika ingin menikmati sensasi yang lebih seru, Anda bisa menyewa perahu kano atau perahu layar berukuran kecil. Kocek yang harus Anda rogoh kurang lebih sekitar Rp 2.000.000 demi merasakan serunya bermain di kolam raksasa ini. www.sanalfonso.cl

Teks: Ivana Fedora foTo: urbanPeeK

Indahnya pemandangan dan luasnya tumpahan air menjadikan kolam renang ini menjadi tujuan wisata yang menarik.


gran d jour ney

MARCH / 2013

18


ST. PETERSBURG

BETWEEN GLORY AND TRAGEDY I love thee, city of Peter’s making; I love thy harmonies austere And neva sovran waters breaking Along her banks of granite sheer

19 MARCH / 2013


D

emikian kutipan dari prosa yang dibuat oleh penyair termasyur Rusia, Alexandr Pushkin. Ia menceritakan tentang kecintaannya terhadap sebuah kota yang dibangun oleh seorang Tsar Russia yang visioner, Peter the Great. Gedung-gedung megah, jalanan kota yang teratur, dan fasilitas yang lengkap menjadi ciri khas kota ini. Namun selain cerita indah yang mengiringinya, kota ini menyimpan banyak tragedi. Jika menengok ke istana-istananya, yang terbayang adalah bagaimana keluarga kerajaan Tsar dibantai dengan sadisnya. Jika melihat jalan-jalannya, yang terpikir adalah kekejaman pada masa Revolusi Rusia dan juga Perang Dunia. Namun kini kota ini dikunjungi bukan untuk berduka, melainkan untuk menyaksikan masa kejayaan kerajaan Rusia di masa lalu yang tercermin dari keindahan berbagai istana dan arsitektur kota St. Petersburg.

DAY

1

MARCH / 2013

Saya tiba di kota St. Petersburg setelah perjalanan yang sangat panjang. Pesawat saya harus transit dua kali yaitu di Doha dan di Moscow. Sebuah bis kecil mengantar saya menuju

20


Vasilvsky Island The Staybridge Suites, hotel apartemen yang saya pilih karena awalnya saya yakin tidak akan cocok dengan makanan Rusia, apalagi katanya makanan pokok orang Rusia adalah steak beruang. Jadilah saya menyewa apartemen dengan dapur dan ruang makan. Hotel ini juga dekat dengan supermarket sehingga dapat membeli bahan makanan dengan mudah. Sungguh sulit menentukan rute perjalanan di St. Petersburg karena ada begitu banyak objek wisata dan DAY ratusan istana yang sama indahnya. 2 Akhirnya saya memutuskan untuk memulainya dari tempat pertama yang dibangun oleh Peter the Great yaitu Peter and Paul Fortress. St. Petersburg termasuk kota terpadat di belahan dunia utara, dibangun di bantaran Sungai Neva yang besar. Di tengah sungai ini terdapat Hare Island, tempat benteng Peter and Paul terbentang. Saya melihat ada beberapa bangunan di dalam

benteng yaitu Peter and Paul Cathedral dan bangunan penjara. Cathedral memiliki menara dengan ujung yang lancip menjulang tinggi, di puncaknya terdapat penunjuk arah angin berbentuk malaikat yang menjadi lambang kota ini dan ditujukan sebagai pelindung kota St. Petersburg. Di dalam, terdapat makam dari Peter the Great dan istrinya, Catherine the Great. Bagian baratnya dibangun untuk menghormati putra Peter yaitu Pangeran Tsarevich Alexei, yang pernah ditahan di sini karena tuduhan konspirasi dan akhirnya dieksekusi atas perintah ayahnya. Dari pulau ini, saya beranjak ke Vasilevsky Island yang disebut sebagai “The maritime heart of St. Petersburg�. Pulau luas ini dibangun oleh Peter the Great untuk menandingi Amsterdam, menampung kanal-kanal, museum maritim, museum atropologi, istana, toko-toko mewah, dan akademi dengan arsitektur yang menawan. Terdapat juga pelabuhan kapal berwarna-warni dengan pemandangan

21 MARCH / 2013


Sadko Restaurant istana-istana berjejer di seberang sungai, salah satunya adalah Winter Palace yang berdiri dengan megahnya. Sebelum makan malam, pemandu membawa saya berputar ke Victory Square, tempat monumen kemenangan didirikan untuk merayakan berakhirnya kepungan tentara Jerman pada Perang Dunia II setelah 900 hari membuat warga kelaparan karena tidak ada pasokan bahan makanan dari dunia luar. Malam ini, saya mencoba restoran bernama Sadko yang terletak di Jalan Voznezsensky. Restoran ini menyajikan masakan tradisional Rusia dengan menu dessert andalannya Pirogi dan Cranberry Mors. Namun menurut saya, hidangan utamanya justru terasa aneh. Rupanya selain steak beruang, makanan tradisional yang paling terkenal di Rusia adalah sup kol merah yang disajikan dengan sour cream. Jangan tanya rasanya, yang jelas saya lega karena telah membawa mie instan dari Jakarta.

Victoria Square

MARCH / 2013

22

Pirogi


QUICK!FACTS Kota Neva yang berada St. Petersburg dikenal dengan sebutan “The City on 101 Islands� karena terletak di delta Sungai Neva.

Hermitage Museum Setelah sarapan pagi di hotel, saya pun bergegas ke istana keluarga kerajaan Rusia yang sekarang menjadi sebuah museum bernama Hermitage. DAY Istana ini berdiri di pinggir Sungai 3 Neva dan berada di depan Palace Square yang luas. Lokasinya yang strategis dengan pemandangan yang indah sudah dipikirkan dengan cermat oleh Peter the Great. Dahulu, keluarga kerajaan menempati istana ini pada saat musim dingin. Kecintaan Catherine pada seni dan artefak membuat Hermitage menjadi museum yang lengkap dan indah. Koleksinya bervariasi, mulai dari mumi mesir, patung bizantium, fresko Budha, sutra Cina, renda Venesia, perunggu dari kerajaan muslim, hingga ribuan koleksi dari pelukis terkenal Eropa. Hermitage merupakan saingan terberat Museum Louvre di Paris, namun karena museum ini merupakan bagian dari istana, keindahannya tidak dapat ditandingi.

The Litta Madonna

Karena waktu saya hanya satu hari, saya langsung bergegas melihat benda-benda kuno yang menarik perhatian saya yaitu mumi di ruangan Mesir dan patung-patung di ruangan Yunani Kuno. Ruangan memukau ini didesain seperti kuil Yunani lengkap dengan pilar-pilar yang berjajar dan mosaik di lantai. Selanjutnya saya mengunjungi ruangan Italian Hall yang didominasi dengan warna merah

23 MARCH / 2013


Hermitage Interior dengan atap dari kaca yang dapat ditembus oleh sinar matahari. Para pengunjung memadati ruangan Leonardo da Vinci yang memamerkan bintang dari pameran yaitu lukisan The Litta Madonna. Ruangan berikutnya menampilkan artis-artis dari Belanda yaitu Rembrandt dan Van Gogh. Puas menikmati karya seni, saya beranjak ke bagian istana yang dijadikan tempat tinggal keluarga kerajaan, menyusuri ruangan singgasana Peter the Great, ruang kerjanya, hingga ruang Armorial Hall yang berlapis emas. Ruangan yang sering dipakai oleh Peter berkesan maskulin dan tegas, beda sekali dengan ruangan-ruangan yang dipakai oleh Catherine yang mewah dan anggun. Ruangan favorit saya adalah boudoir ratu yang berwarna merah menyala dan juga Pavilion Hall yang didesain dengan warna putih yang berkesan lembut. Ruangan lainnya yang patut dikunjungi adalah Large Throne Room dan Drawing Room yang juga berlapis emas. Namun pusat perhatian dari istana ini adalah tangga bernama Jordan Staircase yang didesain dengan detail luar biasa indah, menuntun arah para turis keluar dari Hermitage dan mengakhiri kunjungan hari ini.

Armorial Hall

Pavilion Hall MARCH / 2013

24


Sisa hari ini saya habiskan untuk mengunjungi Nevsky Prospect, jalanan utama dari St. Petersburg yang dekat dari Palace Square. Jalan ini terdiri dari berbagai toko, mulai dari toko barang antik, toko buku, hingga shopping arcade tertua di dunia, Gostiny Dvor. Terdapat pula beberapa bangunan bersejarah seperti Stroganov Palace, Kazan Cathedral, dan Achnikov Palace. Hari ini saya memutuskan menjelajahi sisi pedesaan dari St. Petersburg, menaiki Marshrutka ke area Peterhof. Rumah-rumah megah yang dikelilingi DAY dengan ladang mendominasi 4 pemandangan. Sesekali terlihat gereja-gereja yang berbentuk unik. Sayapun berhenti di sebuah area perkemahan yang terlihat menarik dan memiliki rumah-rumah tradisional yang terbuat dari kayu, beberapa dibuat menjadi toko suvenir. Peterhof Palace yang ditinggali oleh keluarga kerajaan pada saat musim panas memiliki taman yang menghadap ke Laut Baltik. Di dalam, pengunjung tidak diizinkan untuk memotret, apalagi memegang hiasan dindingnya. Di istana inilah Grand Duchess Anastasia dari Dinasti Romanov

Nevsky Prospect

Red Beach in Gozo Island

Peterhof Palace

25 MARCH / 2013


Century 21 Department Store

Tsarkoye Selo dilahirkan. Anastasia terkenal karena ketika dinasti kerajaan terakhir dibantai pada masa revolusi, tubuh Anastasia tidak ditemukan dan menimbulkan spekulasi bahwa ia masih hidup. Ruangan yang patut dikunjungi di istana ini adalah Ballroom, Throne Room, dan Bedroom para anggota kerajaan. Karena masih dijaga keasliannya dengan letak perabot yang masih pada tempatnya, sungguh mudah membayangkan kehidupan Tsar dan Tsarina pada masa lalu. Keluar dari istana utama, saya menuju ke taman bawah dengan Grand Cascade-nya yang terkenal. Teras dengan motif papan catur dihiasi oleh air mancur 7 level yang mengaliri air ke sungai kecil yang menuju ke Laut Baltik. Tidak heran taman Peterhof dinobatkan menjadi salah satu taman terindah di dunia. Di pinggir laut terdapat istana yang lebih kecil yang bernama Montplaisir Palace, didesain menyatu dengan laut dengan perabotan bertema nautikal, tema favorit Peter the Great. Saya kembali ke kota dengan melewati sebuah istana tempat keluarga kerajaan Romanov tinggal sehari-hari yaitu Tsarkoye Selo. Istana ini lebih sederhana dari Peterhof namun tetap memiliki keindahan yang memukau.

MARCH / 2013

26

Hari ini saya akan mengeksplor kota St. Petersburg dengan lebih teliti. Pemandu saya menunjukkan DAY tempat-tempat menarik, dimulai dari 5 St. Isaac Cathedral yang menjadi kebanggaan Peter the Great. Hasil pembangunannya yang memakan waktu 40 tahun memang luar biasa, terlihat dari kubahnya yang berlapis emas, puluhan pilar dari granit berwarna pink dan hijau berdiri dengan tegaknya, pintu besi dengan berat berton-ton, serta lukisan fresco yang sangat indah di dinding-dinding-dindingnya. Di dalam, ada replika metode pembuatan katedral, yang menelan banyak korban karena menggunakan zat beracun seperti merkuri. Auguste, sang arsitek sendiri meninggal sesaat setelah pembuatannya selesai karena kelelahan. Di seberang katedral, terdapat Mariinsky Palace yang sekarang digunakan menjadi City Hall. Beberapa blok dari sini ada Mariinsky Theather yang menampilkan pertunjukkan balet Rusia yang telah mengorbitkan banyak penari legendaris seperti Anna Pavlova. Saya melanjutkan perjalanan menelusuri kota St. Petersburg melewati apartemen yang dulunya ditinggali oleh Pushkin sang penyair legendaris Rusia, melewati Church of Ressurection, hingga


Neva River sarapan ala St. Petersburg, saya pun duduk di pinggir sungai sambil memandangi keindahan kota ini. I’ll be back soon, St. Petersburg, please don’t miss me.

TEKS: NESA DESKANDINI FOTO: NESA DESKANDINI, ASERGEEV, TOCHINAANDBEYOND, WIKIMEDIA, TOURISTMAKER, LAYOVERGUIDE, LISTOFIMAGES

Folklore Show ke Yusupov Palace, saksi pembunuhan Rasputin, dukun yang pernah menjadi orang terpercaya Tsar Nicholas. Rasputin sengaja dibawa ke istana karena keahliannya dipercaya dapat menyembuhkan putra mahkota pangeran Alexei. Namun keluarga kerajaan mendapat informasi bahwa Rasputin memiliki niat jahat kepada mereka. Rasputin tidak dapat dibunuh dengan diracun dan ditembak, dan ia baru meninggal setelah ditenggelamkan ke sungai. Konon, kejatuhan Dinasti Romanov adalah hasil dari kutukan terakhir Rasputin. Untuk menutup jalan-jalan saya hari ini, saya mengunjungi istana yang dulunya milik Pangeran Nickolayevsky untuk menyaksikan pertunjukan tarian dan nyanyian tradisional Rusia. Tidak terasa saya ikut bertepuk tangan dan menghentakkan kaki mengikuti irama musik tradisional. Pada saat break, pengunjung disajikan caviar dan wine sambil dihibur orkestra mini yang berjajar di tangga. Seorang wanita dan pria yang mengenakan kostum kerajaan menari diiringi musik orkestra di sela-sela pengunjung. Saya jadi merasa kembali ke zaman kekaisaran Rusia! Di hari terakhir ini, saya menuju ke bantaran Sungai Neva untuk mengucapkan salam terakhir ke DAY St. Petersburg, kota yang berhasil 6 mencuri hati saya. Saya berjalan-jalan mulai dari Summer Garden hingga ke Admiralty, tempat Peter the Great memarkir kapal-kapalnya. Tergoda berhenti di toko roti untuk membeli

Hello. (informal) Привет. (pree-VYEHT), Здорово. (ZduhROH-vuh) (Shorter version of the above greeting) My name is ______ . Меня зовут ______ . (mee-NYAH zah-VOOT ___) I don’t understand. Я не понимаю. (ya nee puh-nee-MIGH-yoo) Please. Пожалуйста. (pah-ZHAH-luh-stuh) Thank you. Спасибо. (spuh-SEE-buh) Yes. Да. (dah) No. Нет. (nyeht)

!

Pada bulan Mei-Juni, terjadi fenomena “white nights” saat malam hari tetap terang seperti senja. Langit berwarna biru bercampur jingga semalaman. Restoran dan bar buka selama 24 jam. St. Petersburg pernah berganti nama tiga kali, mulai dari Leningrad, Petrograd, hingga kembali lagi menjadi St. Petersburg.

Batu amber yang terbuat dari kayu yang membeku menjadi batu adalah salah satu batu mulia yang dianggap mahal di St. Petersburg, padahal di Indonesia tidak ada nilainya. Selalu sedia payung karena sering hujan dan cuacanya tidak menentu Christian Orthodox di Rusia merayakan hari Natal pada tanggal 6 Januari. Sedangkan tahun barunya jatuh pada tanggal 13 Januari. Di antara kedua tanggal tersebut mayoritas toko-toko tutup.

27 MARCH / 2013


Mulai

300Euro/

malam Grand Hotel Europe (www.grandhoteleurope.com) Pernah dikunjungi oleh Tchaikovsky dan Pavaroti. Terkenal karena arsitekturnya yang bergaya klasik.

Mulai

80 Euro/

malam

Staybridge Suites (www.ichotelsgroup.com/staybridge) Hotel apartemen lengkap dengan dapur, ruang makan, peralatan memasak, dan alat makan. Dekat dengan supermarket dan terdapat mal kecil di bawahnya.

Jakarta-Hongkong-Helsinki Finnair (17 jam) disambung dengan Intercity Train Helsinki St. Petersburg (2 jam). Jakarta-Doha-Moskow dengan Qatar Airlines (16 Jam) disambung dengan penerbangan Transaero Moscow-St. Petersburg (2 jam). Jakarta-Singapura disambung dengan Singapore-Paris-St. Petersburg dengan KLM. Penerbangan terlama yaitu 25 jam namun bisa menghemat hingga 100 Euro. Harga transportasi di berkisar antara 0,5 hingga 1 Euro satu arah. Metro: Berangkat setiap 3 menit sekali. Menggunakan sistem token yang dibeli di loket. Tram: Bayar langsung ke kondektur. Direkomendasikan untuk turis karena praktis. Bus: Rutenya rumit & sulit dimengerti turis. Troleybuss: Seperti bus namun ada rel kabel di atasnya. Tidak direkomendasikan karena hanya memiliki satu jalur dan sering mogok. Marshrutka: Seperti angkot, tinggal berteriak “As-ta-no-VI-tye, pa-ZHA-lu-i-sta� untuk membuatnya berhenti.

MARCH / 2013

28

Harga tiket masuk klub malam di sini tergantung jam Anda datang. Makin malam Anda datang, harganya akan makin mahal. Metro Club www.metroclub.ru Terdiri dari 3 lantai, menyajikan musik pop Rusia, pop elektro, dan pop internasional. HTM mulai 240 rubel.

z 220 V 50 H lokan dengan co a p ru se g yan onesia. dengan Ind

Mishka www.mishkabar.ru Bar DJ/kafe yang populer di berbagai kalangan. Anda harus berpakaian dengan pantas atau Anda akan ditolak masuk. HTM mulai 180 rubel.

BUDGET Suvenir: Katarina 46 Angliyskaya Naberezhnaya T: +7 812 312-7072 Pusat Perbelanjaan: Passage Trading House 48 Nevsky Prospekt +7 812 571-7084 Book Store: House of Books 28, Nevsky Prospect Antique: Belage 57 Nevskiy Prospect T: +7 812 310-6688 Spring: April-Juni Summer: Juli-Agustus Autumn: SeptemberNovember Winter: Desember-April Provider yang terkenal adalah MTS, BeeLine, dan Megafon. Harga antara ketiganya tidak beda jauh. Umumnya biaya telepon 0,14 Euro/ menit, SMS 0,04 Euro, dan GPRS 0,2 Euro/menit.

Pesawat (internasional+domestik) PP Hotel x 5 malam Transportasi

920 euro 400 euro 450 rubel

Day 1 Dinner

Day 2

Peter and Paul Lunch Sadko Restaurant

Day 3

Hermitage Museum Lunch + Dinner

Day 4

Peterhof Palace Tsarkoe Selo Lunch + Dinner

Day 5

City Tour St. Isaac Folklore Show Lunch + Dinner

500 rubel 120 rubel 400 rubel 500 rubel 350 rubel 900 rubel 520 rubel 100 rubel 900 rubel 2.000 rubel 250 rubel 2.550 rubel 900 rubel

Day 6 Breakfast

400 rubel

TOTAL

Rp 19.417.200

* 1 euro = Rp 12.000 * 1 rubel = 330


exp lore

MARCH / 2013

30


Sweet Escapade in

Ambon Manise Ada lebih dari 100 alasan kenapa saya harus ke Ambon, keindahan alamnya tersaji mulai dari wilayah kepulauan, pantai yang eksotis, daerah perbukitan, hingga alam bawah lautnya yang menakjubkan, dan semuanya melebur dalam keramahan masyarakat setempat.

31 MARCH / 2013


Belut Moray

K

etika mendarat di Bandara Pattimura, saya disambut oleh langit yang luar biasa biru, pertanda cuaca cerah dan udara yang bersih dari polusi. Tujuan pertama saya di sini sudah jelas, saya bergegas menuju wisata Kolam Morea di Desa Larike, Kecamatan Leihitu, tempat berkembangbiaknya ikan sidat atau belut moray yang dilansir keramat oleh masyarakat setempat. Menempuh perjalanan sekitar 45 menit dengan mobil di Ambon jauh dari membosankan, karena sebagai kota pantai, hampir seluruh jalan rayanya dibangun dengan menyusuri garis pantai.

Tapi di tengah perjalanan, saya menyempatkan diri untuk mampir ke Batu Lobang di Amahusu. Sesuai namanya, tempat wisata ini terkenal berkat pantai dengan dinding batu karang yang memiliki lubang selayaknya jendela alam.

Sesampainya di Desa Larike, saya masih harus berjalan kaki sedikit melewati rumah-rumah penduduk untuk menuju ke Kolam Morea. Cukup membayar Rp 2.000, saya bisa bermain-main dengan belut yang ukurannya besar namun sangat jinak di sungai yang dangkal. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, kalau Anda bisa memeluk salah belut ini, berarti Anda akan enteng jodoh. Berani coba?

Uniknya, akses ke Batu Lobang ini betul-betul tersembunyi tanpa adanya tanda atau rambu tempat wisata. Saya harus melewati semak-semak dan melewati turunan yang terjal serta berbatu. Di pantai, saya tidak menemukan pasir sebutir pun, melainkan batu-batu bulat sebesar kepalan tangan, mirip dengan Pantai Tulamben di Bali. Namun pemandangan di Batu Lobang betul-betul indah dan airnya pun tenang, sehingga saya bisa berenang dengan aman bersama ikan-ikan hias yang cantik. Cobalah berenang ke balik dinding karang Batu Lobang, Anda akan menemukan laguna alami mini yang indah. Lokasinya yang tersembunyi juga menjadikan area pantai Batu Lobang sepi dari pengunjung, sehingga Anda bisa menikmati sensasi seperti bersantai di pantai pribadi.

Selanjutnya saya pun beranjak menuju Pelabuhan Poka untuk menyeberang ke Kota Ambon.

Tujuan berikutnya adalah rumah milik teman saya di Latuhalat tempat saya akan menginap.

MARCH / 2013

32


Pantai Tanjung Setelah menyeberang selama 10 menit dengan kapal ferry dari Pelabuhan Poka ke Galala, saya lalu menempuh perjalanan melewati Kota Ambon, pusat perdagangan di Pulau Ambon. Salah satu hal yang istimewa dari Ambon adalah kota dan pedalamannya yang tertata rapi dan bersih. Sempatkan diri untuk belanja perhiasan mutiara untuk oleh-oleh. They sell pearl jewelries with good price, and you’ll get an even better price when you’re good at bargaining. Esok paginya, saya menyempatkan diri untuk mampir ke Tanjung, yaitu ujung dari semenanjung Latuhalat yang bersambungan dengan Teluk Ambon. Meski sebagian besar pantainya tertutup karang tajam yang terbentuk dari lelehan lahar, namun pemandangannya betul-betul indah. Kalau beruntung, Anda bisa melihat kawanan lumbalumba. Pagi itu saya juga beruntung karena arus laut sedang tenang, sehingga airnya betul-betul bening dan saya bisa melihat hingga ke dasar laut yang dipenuhi karang-karang eksotis.

Batu Lobang 33 MARCH / 2013


Jalan ke Pulau Seram Pecinta pantai harus mengunjungi Pantai Liang. Terletak di ujung timur Pulau Ambon, pantai ini adalah salah satu pantai terindah di Indonesia karena dianugerahi air sebening kristal dan hamparan pasir putih halus terpanjang di Indonesia, tepatnya sepanjang 1 km. Sayang sekali saya tidak membawa peralatan diving, padahal barisan terumbu karang yang eksotis hanya berjarak 50 meter saja dari tepi pantai. Meski begitu saya cukup puas dengan snorkeling di sepanjang pantai, karena di kedalaman 30 cm pun saya menemukan sekelompok clown ďŹ sh dan beberapa jenis ikan hias lainnya berenang mendekati pantai. Meski merupakan tempat wisata umum dan lumayan dekat dengan Pelabuhan Ferry Hunimua, Pantai Liang sangat terawat dan bersih. In other word, perfect! Puas bermain di Pantai Liang, saya pun bertolak ke Pulau Seram menggunakan ferry dari Pelabuhan Hunimua menuju Pelabuhan Waipirit. Saya kembali melanjutkan perjalanan menuju Desa Pelita Jaya menggunakan mobil. Jalan aspal yang membelah pegunungan diapit oleh ladang kayu MARCH / 2013

34

putih dan hamparan ilalang yang seolah menari tertiup angin. Perjalanan selama 90 menit pun tidak terasa berkat pemandangan yang luar biasa ini. Dari sana, saya menuju ke Pulau Osi untuk snorkeling demi menikmati panorama bawah lautnya yang cantik. Namun bagi saya yang paling berkesan adalah rute perjalanannya. Dengan jasa ojek, saya menempuh perjalanan sejauh 5 km sambil melewati 4 pulau kecil yang semuanya dihubungkan oleh jembatan kayu. Sedikit deg-degan karena kayu-kayunya berderak keras saat dilintasi motor, namun tidak menyurutkan kekaguman saya akan pemandangan hutan bakaunya yang unik. Pulau Osi adalah pulau paling ujung dan paling besar yang mayoritas penduduknya bekerja sebagai nelayan yang juga mengembangbiakkan lobster dan kerapu. Beningnya air serta aneka ikan hias dan bintang laut yang berwarna-warni juga menambah keelokan pulau ini. Kembali dari Pulau Osi, saya menumpang di rumah milik nelayan untuk bermalam di Desa Pelita Jaya. Di rumah yang sederhana ini, saya betul-betul


Pantai Liang

Pulau Osi

merasakan keramahan warga setempat. Seorang ibu yang sudah lanjut usia, pemilik rumah tempat saya menginap, menceritakan sejarah pulau ini dengan mata berbinar dan logat yang khas. Saya pun terlena menikmati dendang dan dongeng Pulau Osi di bawah taburan beribu bintang. Esoknya, saya dan teman-teman diajak snorkeling ke Pulau Marsegu, pulau tak berpenghuni yang menjadi kawasan hutan lindung aneka ora dan fauna khas Indonesia timur. Dengan perahu nelayan, kami membelah birunya laut Maluku selama 15 menit sambil menikmati matahari pagi. Di tengah perjalanan, tiba-tiba serombongan lumba-lumba melintas di depan perahu, seolah menyambut kedatangan kami. Demi mengejar snorkeling spot yang bagus, jangkar perahu pun dilemparkan di tengah laut, kira-kira 100 m dari Pulau Marsegu. Airnya begitu jernih,

Pulau Marsegu

Pantai Liang

bahkan dari atas perahu pun saya bisa melihat jelas aneka terumbu karang berwarna-warni yang ada di dasar laut. Tidak seperti umumnya, ikan-ikan hias yang hidup di sini datang menghampiri kami, seolah mereka tidak takut dan justru penasaran dengan keberadaan kami. Puas berenang di antara puluhan spesies ikan hias nan eksotis, saya pun merapat ke Pulau Marsegu. Lagi-lagi mata ini dimanjakan oleh hamparan pasir putih dan garis pantai yang menakjubkan. Kalau Anda mau bereksplorasi sedikit ke dalam pulau, Anda akan menemukan kepiting kenari yang ukuran badannya sebesar kelapa di dahan-dahan pohon. Malamnya, saya tiba di rumah teman saya di Latuhalat untuk menghabiskan malam terakhir di Ambon. Tak rela untuk berpisah begitu cepat, saya pun menghabiskan waktu di pinggir pantai di depan rumah sambil menikmati lantunan debur ombak di bawah taburan bintang. Dalam waktu

35 MARCH / 2013


Pantai Lahuhalat

Direkomendasikan untuk menyewa mobil dan pemandu wisata dibandingkan mencoba menaiki transportasi umum karena relatif lebih hemat biaya dan waktu.

Pesawat PP (Lion Air/Sriwijaya Air/Garuda Indonesia) Rp 2.700.000 Sewa mobil+supir Rp 700.000/hari Ferry Poka - Galala PP Rp 20.000/mobil Ferry Hunimua Waipirit Pulau Seram PP Rp 15.000/mobil Rp 10.000/orang Hotel Rp 450.000/malam Makan Rp 50.000/hari Airport Tax Rp 40.000

MARCH / 2013

36

Toko Andika atau Pondok Mutiara: Tempat belanja perhiasan dan aksesori mutiara di Jalan Sultan Hasanudin. Pusat Ole-Ole Petak 10: Jangan lupa membeli kue kenari dan minyak kayu putih di toko aneka kuliner dan kerajinan khas Ambon di Jalan Dr. Tamaela ini.

Rujak Air Salobar Rujak buah khas Ambon yang dijajakan di warung pinggir pantai di Ambon.

Tirta Kencana Hotel & Cottage Jalan Raya Amahusu 1 Pusat Kota Ambon Pulau Seram Desa Pelita Jaya Banyak rumah penduduk yang disewakan untuk wisatawan.

TEKS & FOTO: MIRANDA FEVRIANI

tiga hari saja, saya sudah jatuh cinta dengan pulau ini. Langit birunya, lautnya yang sebening kristal, dan keramahan orang-orangnya, semua menjadi kenangan yang tak akan mudah terlupakan. Kalau Anda pernah mendengar ungkapan Ambon Manise, well I can assure you, Ambon is indeed a sweet escapade.


coff ee talk

T

idak heran apabila banyak yang menyebut Nanggroe Aceh Darussalam sebagai Negeri Seribu Warung Kopi. Nampaknya kebiasaan menghabiskan waktu di warung kopi sudah merupakan tradisi yang sudah diturunkan dari generasi ke generasi di Aceh ini. Selain karena memang sudah menjadi tradisi, Kopi Aceh memang terasa special. Jadi, apabila sedang berkunjung ke Aceh, rasanya Anda akan “berdosa� apabila tidak mampir ke warung kopi yang banyak tersebar di kota ini.

PERBINCANGAN HANGAT DI WARUNG KOPI Kesederhanaan warung kopi justru menjadi media yang merekatkan hubungan para warga Aceh.

MARCH / 2013

38

Sebutan Negeri Seribu Warung Kopi terasa tidak berlebihan, karena memang setiap sudut di kota Banda Aceh ini, banyak sekali warung-warung kopi yang siap menyambut warga sekitar. Masing-masing warung kopi tersebut selalu terlihat ramai sepanjang hari. Nongkrong di warung kopi bagi masyarakat Aceh sudah seperti jadwal minum obat, tiga kali sehari. Sebelum mereka ke kantor dan beraktivitas, ketika istirahat makan siang, dan seusai jam kerja, mereka akan kembali ke warung kopi lagi, hanya untuk mengobrol dan menikmati kehangatan kopi yang disediakan.


TEKS: WILMA HARTYANDARI FOTO: ADIWARSIDI, FESTIVAL KOPI ACEH

QUICK!FACTS Meskipun banyak warung-warung kopi yang bertebaran di kota ini, namun ada satu daerah yang paling terkenal dengan kenikmatan suguhan kopinya, Ulee Kareng. Daerah ini memang paling ramai apabila dibandingkan dengan daerah-daerah lainnya. Masyarakat sekitar sering mengunjungi salah satu warung kopi yang terkenal di daerah ini, warung kopi Jasa Ayah. Namanya memang terdengar lucu, namun warung kopi ini sudah lama melayani permintaan para pelanggannya dengan suguhan kopi-kopinya yang hangat. Berbagai golongan masyarakat melebur menjadi satu dan mengobrol dengan santai. Ini mungkin salah satu aktivitas yang merekatkan hubungan persaudaraan masyarakat Aceh. Ada tiga variasi kopi yang ditawarkan oleh warung-warung kopi tersebut. Kopi hitam, kopi susu, dan jenis yang paling khas adalah kopi sanger. Untuk jenis kopi hitam dan kopi susu mungkin bukan racikan kopi yang spesial karena mudah untuk ditemui di daerah-daerah lainnya di Indonesia, namun kopi sanger merupakan jenis kopi dengan racikan yang orisinil dari Aceh. Secara tampilan, kopi jenis ini memang mirip dengan kopi susu. Namun komposisi gula dan susunya yang pas, membuat rasa asli kopi jenis ini lebih terasa. Yang menarik adalah semua jenis suguhan kopi di Aceh disajikan dengan disaring atau ditarik terlebih dahulu. Katanya, apabila disaring semakin tinggi maka kopi tersebut akan terasa lebih nikmat.

Kopi Aceh berasal dari Belanda yang dibawa pada abad ke-17.

Apapun sajian jenis kopinya, nampaknya kehangatan perbincangan yang ada di warungwarung kopi tersebut membuat masyarakat Aceh tidak bisa meninggalkan tradisi ini, melekatkan semua lapisan masyarakat yang mendiami Negeri Seribu Warung Kopi tersebut.

39 MARCH / 2013


advent ure

Double Summit Expedition: Mt. Sumbing - Mt. Sindoro (part-1)

Alam Membentang Gunung Sumbing Selain panorama puncaknya yang indah, gunung ini juga tercatat sebagai gunung tertinggi kedua di Jawa Tengah serta gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru dan Gunung Slamet.

MARCH / 2013

40


41 MARCH / 2013


G

unung Sumbing yang menjulang di atas 3.371 mdpl memang sering menjadi salah satu tujuan utama para penggiat alam bebas. Salah satu rute pendakian yang dapat dilewati untuk menuju Puncak Sumbing adalah melalui Desa Bowongso, meski banyak orang yang lebih memilih lewat jalur Garung. Bowongso merupakan jalur pendakian yang dapat dikatakan baru dan belum begitu populer. Jalur ini baru mulai dibuka sejak tahun 2007 oleh para penggiat alam terbuka (skydoors) dibantu dengan masyarakat dan beberapa pihak lain. Untuk menuju Desa Bowongso dari terminal Wonosobo, saya naik bus menuju Pasar Kretek (di antara jalan raya Wonosobo - Temanggung). Dari Pasar Kretek, perjalanan pun dilanjutkan dengan men-carter angkutan pedesaan atau dengan menggunakan ojek ke arah selatan kurang lebih 1 km. Di sana terdapat pertigaan menuju arah kiri (timur) sejauh sekitar 6km untuk menuju Desa Bowongso. Sesampainya di Desa Bowongso, Anda bisa mampir ke rumah kepala desa yang memang sering digunakan sebagai basecamp oleh para pendaki. Dari tempat kepala desa, ada jalur berbatu yang sudah tertata rapi dan diapit ladang penduduk MARCH / 2013

42

dengan medan tanjakan yang lumayan landai. Jika ingin menyingkat waktu, angkutan pedesaan dari Pasar Kretek bersedia mengantar hingga ujung jalur berbatu ini seperti yang saya lakukan. Kurang lebih 10 menit berjalan, saya pun sampai di jalur tanah, sedangkan perjalanan normal jika berjalan kaki dari rumah kepala desa bisa sampai 1 jam. Dari sinilah pendakian yang sebenarnya akan dimulai. Di tengah-tengah jalur bertanah, saya mendapati adanya percabangan, ke kiri merupakan jalur penduduk untuk mencari kayu yang jika diteruskan akan menjumpai pertemuan jalur dari Garung, sedangkan jalur lurus merupakan arah menuju puncak. Melewati ladang penduduk, saya menelusuri memasuki kawasan hutan. Jalanan yang becek dan licin saat hujan membuat langkah sedikit berat untuk melalui jalur ini. Kurang lebih 1 jam perjalanan dari batas ladang, saya pun tiba di Pos-1, sebelum melanjutkan perjalanan dengan menyusuri hutan, medan bersemak dan tanjakan yang bervariasi. Semakin ke atas, vegetasi mulai terbuka dengan semakin jarangnya jarak antar pohon hingga tiba di Pos-2.


Pos ini menyediakan tempat datar yang bisa digunakan untuk mendirikan 2-3 tenda. Jalur terus menanjak dengan vegetasi yang semakin terbuka karena dampak kebakaran hutan beberapa waktu yang lalu hingga menyisakan semak dan rumput yang didominasi tumbuhan perintis seperti pakupakuan dan pakis-pakisan. Terasa dari sini angin mulai berhembus kencang. Sekitar 2 jam perjalanan, saya pun sampai di shelter antara Pos-2 dengan Pos-3 yang juga menyediakan tempat untuk mendirikan tenda. Jika cuaca cerah, Anda bisa menikmati gemerlapnya kota Wonosobo dan megahnya Gunung Sindoro di sebelah utara, seraya berinteraksi dengan pendaki gunung tersebut dengan saling menyorotkan lampu senter. Pukul 01.30-02.00 adalah waktu yang ideal untuk memulai summit attack menuju Puncak Sumbing. Perjalanan menuju 3.371 mdpl di tengah malam memang tidaklah mudah, berpeluk udara dingin dan angin yang terus berhembus dan membuat langkah semakin berat. Oleh karena itu, pada saat perjalanan menuju puncak disarankan hanya membawa bawaan secukupnya sementara beban berat ditinggal di tenda. Pos 3 merupakan tempat yang paling nyaman untuk mendirikan tenda. Terletak di antara padang rumput dengan kondisi tanah yang datar serta adanya beberapa pohon, pos ini cukup terlindung dari hembusan angin. Pos ini juga merupakan tempat yang paling sering digunakan para pendaki untuk berkemah sebelum melanjutkan menuju puncak. Di punggungan sebelah kanan dari Pos-3 terbentang padang savana yang cukup luas. Tidak ada pilihan selain membelah lebatnya savana untuk menuju Puncak Sumbing. Semakin ke atas, jalur semakin menanjak dengan medan yang mulai berbatu hingga akhirnya saya tiba di ujung bibir kawah Gunung Sumbing. Dari tempat ini, saya bisa melihat kawah Gunung Sumbing atau sering disebut Segoro Wedi yang bisa dituruni melalui sisi kiri. Puncak Sumbing ini sempit, cuma satu jalur yang dibatasi batu-batu besar dan di baliknya langsung mengarah ke jurang kawah. Puncak Bowongso berada di pertengahan antara Puncak Garung dan Puncak Sejati. Puncak Garung bisa dicapai dari

43 MARCH / 2013


!

Anda dapat menginap di rumah kepala desa Bowongso untuk beristirahat. Wajib membawa persediaan air dari bawah karena tidak ada sumber air sepanjang jalur pendakian. Sebaiknya bermalam di Pos 3 sebelum summit attack untuk mengisi tenaga. Pendakian maksimal hanya sampai Puncak Buntu, perlu peralatan khusus untuk mencapi Puncak Sejati.

MARCH / 2013

44

Baca Double Summit Expedition: Mt. Sumbing - Mt. Sindoro (part-2) di edisi April 2013.

Jakarta - Bus jurusan Wonosobo ke Terminal Wonosobo - Minibus ke Pasar Kretek - Carter angkutan pedesaan ke Desa Bowongso

Bus Jakarta-Wonosobo PP Rp 240.000 Minibus Wonosobo – Pasar Kretek PP Rp 10.000 Angkutan pedesaan Pasar Kretek – Desa Bowongso PP Rp 200.000 Konsumsi Rp 60.000

TEKS & FOTO: RIZKI PRADANA

jalur Garung sementara Puncak Sejati sepertinya sulit didaki dan membutuhkan peralatan khusus. Dari Puncak Sumbing, terpampang pemandangan Gunung Sindoro yang megah di sebelah utara dan untaian maket alam yang terbentang luas di bawah kaki gunung ini. Keindahan puncak Gunung Sumbing memang menghadirkan kesan yang luar biasa.


The 11th

Thank Your For Participating Brands

Indonesia Travel and Holiday Fair

in concurrent

The 2nd

Indonesia Wellness & Medical Tourism Fair

Balance Up Your Life!

Official Bank Partner :

Telco Partner:

Travel Technology Partner:

and our partners Official Airlines :

Endorsed by :

Official LCC :

Media Partner :

Organized by :

Official Broadband:

Member Of :

see you at The 12 Indonesia Travel and Holiday Fair The 3 th

C: 100% M: 75% K : 20%

in concurrent

rd

Indonesia Wellness & Medical Tourism Fair

The Hall, Senayan City 3 - 5 Oktober 2013


edit or’s list

Chasing Autumn in

Kansai

Musim gugur merupakan salah-satu musim terindah di Jepang. Warna kuning dan merah menggantikan dominasi hijau pada pepohonan, memberikan kesan hangat yang berkebalikan dengan cuaca yang semakin dingin. Di Jepang, jika musim semi identik dengan hanami, maka musim gugur selalu diasosiasikan dengan perburuan Koyo, istilah untuk perubahan warna pada dedaunan. MARCH / 2013

46


47 MARCH / 2013


Minoo (Prefektur Osaka) M inoo merupakan salah-satu destinasi wisata alam yang underrated di Jepang. Terletak di area suburban yang dapat dijangkau dengan mudah melalui kereta dari stasiun Shin-Osaka, tepatnya kereta Hankyu Takarazuka Line hingga ke Stasiun Ishibashi, lalu pindah kereta ke Minoh Line, Minoo lebih populer di kalangan masyarakat Jepang sendiri. Sebagian besar distrik Minoo berupa area pemukiman yang mengelilingi sebuah taman nasional Mino Koen. Daya tarik utama Minoo adalah air terjun yang dapat dijangkau dengan menempuh hiking track sejauh kurang lebih 2,5 kilometer. Terdengar berat? Jangan khawatir, jalur yang ditempuh relatif landai sehingga tidaklah terlalu berat. Selain itu, di sepanjang jalan terdapat beberapa pit stop yang layak dikunjungi berupa Insect Museum, Katsuoji Temple, serta beberapa kios yang menjual roasted chestnut yang lezat. Sesampainya di air terjun, sempatkan untuk istirahat selama beberapa saat sambil menikmati sajian tradisional berupa ikan ayu bakar atau Oden. Kuah oden yang hangat dengan sedikit bumbu wasabi yang pedas akan segera mengobati rasa lelah dan dingin selama perjalanan. Minoo terkenal

MARCH / 2013

48

sebagai daerah dengan populasi pohon momiji. Pohon ini memiliki ciri khas berupa daun yang berubah merah menyala di musim gugur. Uniknya lagi, rasa bangga kota Minoo terhadap pohon momiji tertuang dalam kreativitas para warganya. Anda akan menemui banyak kios yang menjual Momiji Tenpura, snack manis dari adonan tepung yang membalut sehelai daun momiji di dalamnya. Meskipun rasanya tidak terlalu istimewa, tapi snack ini layak dicoba. Kapan lagi kita bisa mengicipi daun momiji?


Nara

(Prefektur Nara) N

ara merupakan satu prefektur kecil yang juga menjadi salah satu tujuan wisata paling terkenal di Jepang. Sebagai ibu kota pemerintahan Jepang di masa lampau, Nara memiliki berbagai relik wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Akan tetapi, daya tarik Nara tidaklah hanya pada wisata historisnya saja. Di musim gugur, Nara berubah menjadi sebuah kota kecil di lembah yang diselimuti oleh dedaunan berwarna merah dan kuning yang indah. Daya tarik utama Prefektur Nara adalah Nara Park yang terbentang luas di area perbukitan. Kota Nara dapat dicapai dari Osaka dan Kyoto melalui perjalanan kereta selama kurang lebih satu jam. Memasuki Nara Park, Anda akan disambut oleh puluhan ekor rusa yang menjadi simbol kota Nara. Rusa-rusa tersebut jinak, bahkan kadang dengan agresif mendekati para wisatawan yang membawa kue beras Senbei untuk mereka makan.

Luasnya area Nara Park terkadang membuat wisatawan merasa bingung untuk memilih objek wisata yang ingin dikunjungi. Oleh karena itu, rencanakan rute perjalanan supaya dapat memanfaatkan waktu semaksimal mungkin. Beberapa objek yang menjadi highlight adalah Todaiji Temple tempat patung Buddha raksasa

berada serta Kuil Kasuga Taisha yang indah dengan pilar-pilar dan lentera merahnya. Sepanjang perjalanan dari satu lokasi ke lokasi yang lain, terdapat hutan-hutan kecil yang penuh oleh pepohonan dengan daun yang berubah warna, antara lain pohon Ginko dan Momiji. Di beberapa tempat, terdapat kedai kecil yang menyajikan es kacang merah dan mochi yang lezat. Sempatkan untuk singgah di salah satu kedai ini dan pilihlah tempat duduk di luar untuk menikmati makanan kecil sembari melihat indahnya koyo di Nara.

49 MARCH / 2013


Arashiyama (Prefektur Kyoto) rashiyama merupakan satu daerah yang terletak di tepian kota Kyoto. Area ini terkenal baik di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara yang ingin menyaksikan keindahan alam di musim-musim tertentu di Jepang. Sama seperti Kyoto, Arashiyama dikenal dengan tamantaman terindah di seluruh Jepang serta beberapa kuil peribadatan yang mengandung nilai sejarah. Lokasi ini tepat untuk dijadikan tujuan day trip dari Kyoto maupun Osaka karena lokasinya yang mudah dijangkau dari Stasiun Kyoto.

Tempat yang sesuai untuk memulai perjalanan di Arashiyama adalah Jembatan Togetsukyo yang terbentang melintasi Sungai Hozu. Jembatan ini merupakan satu viewing spot yang ideal untuk melihat keindahan warna-warna musim gugur di bukit-bukit yang mengelilingi area Arashiyama. Lokasi ini juga berdekatan dengan Tenryuuji Temple, yang selain memiliki arsitektur yang indah, juga salah satu taman bertema Zen yang paling spektakuler di Jepang. Di sepanjang jalan yang menghubungkan Togetsukyo Bridge dan Tenryuuji, terdapat banyak pusat oleh-oleh serta kedai yang

MARCH / 2013

50

menawarkan makanan khas Arashiyama yaitu tahu yang super lembut serta acar jepang (tsukemono) yang terbuat dari bermacam-macam sayuran dan rempah. Di musim gugur, beberapa kedai juga menawarkan menu khas berupa Nasi Matsutake, yang disertai jamur eksklusif termahal di Jepang. Puas memandang warna-warna musim gugur di Togetsukyo dan Tenryuuji, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke Arashiyama Bamboo Grove. Bambu merupakan tanaman kebanggaan daerah ini, dan penduduk setempat mengelolanya dengan sangat baik. Terdapat sebuah rute berjalan kaki melewati tengah-tengah hutan bambu yang menjulang tinggi. Merasa malas jalan kaki? Arashiyama juga memiliki atraksi kereta wisata Torokko yang melewati rute dengan pemandangan spektakuler. Selain kereta, Anda juga bisa memilih untuk menyewa rickshaw. Biaya untuk menaikinya tergantung dari jarak dan medan tempuh, serta kemampuan Anda untuk menawar.

TEKS & FOTO: PULUNG UCI

A


Coup le spot

ROMANCE AND RELAXATION

TEKS: IVANA FEDORA FOTO: DOK. ANAHATA VILLA & SPA RESORT

Bersantai sambil ditemani keindahan alam Gianyar merupakan pilihan yang tepat untuk meningkatkan kualitas hubungan Anda dengan pasangan.

R

omansa bisa Anda dapatkan dengan pasangan tidak hanya dengan candle light dinner. Mengunjungi suatu tempat yang sejuk, jauh dari kebisingan, dan mendapatkan spa treatment bersama bisa menjadi salah satu alternatif liburan untuk Anda dan pasangan. Anahata Villa & Spa Resort, resort mewah yang terletak tepat di jantung alam Ubud, Bali ini terletak di sebuah bukit yang dikelilingi oleh hutan tropis dan keindahan alam yang menakjubkan. Untuk Anda dan pasangan, Anahata Villa & Spa Resort menawarkan paket khusus selama 3 hari 2 malam. Private pool dan fasilitas lainnya tersedia dalam paket ini. Menikmati pemandangan dengan udara yang sejuk, ditambah melakukan treatment spa

bersama pasangan, tentunya bisa membuat Anda dan pasangan rileks. Ingin mengelilingi hutan tropis yang sejuk? Dua ekor kuda sudah disiapkan untuk Anda dan pasangan. Tempat ini juga akan memanjakan Anda dan pasangan dengan memberikan waktu khusus candle light dinner di pinggir danau. Sepulangnya dari tempat ini, dijamin Anda berdua ingin kembali lagi. Anahata Villa & Spa Resort Br Umah Anyar, Pejeng Kaja Tampak Siring, Gianyar PO BOX 1011 Ubud, Bali, Indonesia W: www.anahataresort.com

51 MARCH / 2013


logb ook : sho p

BOW TIE YOUR DAY! Tren aksesoris ini dijawab oleh Noeud Papillon yang hadir di Jakarta.

P

ada zaman dahulu, dasi kupu-kupu digunakan untuk acara yang sangat formal. Namun seiring zaman yang berubah, fashion pun berkembang pesat. Dasi kupu-kupu kini sering digunakan baik secara formal maupun dengan busana kasual. Dasi kupu-kupu atau yang biasa disebut dengan bow tie adalah salah satu jenis dasi pria yang terdiri dari pita kain yang diikat di sekitar leher dengan simetris, dengan cara sedemikian rupa sehingga kedua kain berlawanan dan berakhir dengan sebuah simpul yang disebut dengan loop form. Ready-ties bow atau dasi kupu-kupu siap ikat memang sudah banyak tersedia di pasaran, tapi para penggila fashion mungkin menginginkan sebuah dasi kupu-kupu dengan desain yang tidak biasa, karena itulah Noeud Papillon hadir di tengah ibu kota.

apalagi ditambah lagi dengan demam Korea dimana artis Korea sekarang ini banyak memakai dasi kupu-kupu,� tutur Fennita, salah satu pendiri Noeud Papillon. Berlokasi di daerah Jakarta Barat, toko yang berkonsentrasi menjual dasi kupukupu ini menyediakan berbagai macam dasi jenis tersebut yang terbuat dari berbagai bahan dan model.

“Sekarang ini banyak laki-laki di indonesia yang sudah mementingkan fashion dengan memakai dasi kupu-kupu untuk berbagai macam acara,

Vintage merupakan tema utama yang diangkat oleh Noeud Papillon dalam mendekor tokonya, warna turquoise mewarnai sisi-sisi dindingnya,

MARCH / 2013

52

Banyak pelanggan Noeud Papillon yang datang untuk memenuhi kebutuhan pesta pernikahan mereka, dan toko yang dibuka pada akhir Januari ini selalu bisa menyediakan dasi kupu-kupu sesuai tema pernikahan yang mereka minta. Jasa ini merupakan salah satu kelebihan Noeud Papillon, mereka mampu membuat dasi kupu-kupu sesuai dengan permintaan dan kebutuhan pelanggan.


TEKS: WILMA HARTYANDARI FOTO: NOEUD PAPILLON

mencerahkan ruangan toko ini. Sentuhansentuhan dekorasi yang mengisi ruangan terasa spesial. Sofa berukuran besar yang ada di tengah ruangan membuat suasana semakin hangat untuk menyambut kedatangan para pelanggannya. Begitu masuk ke toko ini, para pelanggan akan menemukan berbagai macam desain dasi kupukupu yang diletakkan dengan unik di berbagai penjuru di dalam toko. Need a custom bow tie? Go to Noeud Papillon!

Noeud Papillon Jl. Taman Ratu Indah Blok D4 no.18 Jakarta Barat T: +62 816 814 286 E: papillon.fennita@gmail.com Instagram: @thenoeudpap

By appointment only

53 MARCH / 2013


logb ook : stay

THE ELEGANT MONOGRAPH The Library menceritakan tentang harmonisasi alam yang terdapat di Pantai Chaweng, Thailand.

kisah para tamu yang singgah di sini. Mengusung konsep minimalis namun tetap sophisticated, The Library Koh Samui sering memenangkan penghargaan termasuk hotel dengan desain yang menarik di Thailand.

S

ebuah kolam berwarna merah darah terbentang dengan anggunnya menemani hamparan biru laut serta pasir putih di Pantai Chaweng, Thailand. The Library yang berada di kawasan Koh Samui, Thailand bagaikan lembar putih yang siap menampung kisah-

54 54

MARCH AUGUST/ 2013 / 2012

Tripadvisor dan CNN pernah mengatakan bahwa kolam renang yang dimiliki oleh hotel ini merupakan salah satu kolam renang yang spektakuler di dunia. Sebutannya adalah The Red Pool, dengan kombinasi lantai berwarna merah tua, kuning, dan jingga yang menghiasi dasar kolam ini, membuat pantulan warna airnya menjadi sangat dramatis. Kolam renang ini mungkin salah satu ciri khas The Library yang berhasil membawa hotel ini terkenal sampai ke luar negeri. Hanya beberapa langkah kaki dari kolam renang tersebut, Anda akan menemukan hamparan pasir berwarna putih dan birunya air laut. Permainan warna yang akan memesona mata Anda.


Sesuai dengan namanya, The Library, tentu saja hotel ini menyediakan sebuah ruangan khusus dengan koleksi buku-buku yang menarik untuk dipinjam oleh para tamunya. Diisi sekitar 1.300 koleksi buku, ruangan perpustakaan ini juga merupakan salah satu ciri khas The Library.

TEKS: WILMA HARTYANDARI FOTO: IMAGE COURTESY OF DESIGN HOTELS™” FOR BOOKINGS: WWW.DESIGNHOTELS.COM

Seakan menjawab para tamu yang mencari ketenangan dan ingin sejenak melepaskan kepenatan dari kegiatan rutin mereka. The Library Koh Samui siap merengkuh para tamunya dengan kehangatan yang mereka miliki.

Bersahaja dan damai, The Library hadir seperti sebuah oase bagi para individu yang mencari tempat yang tenang dan penuh dengan keindahan lukisan yang disediakan oleh alam. Nikmati waktu Anda di salah satu suite yang dibuat untuk memberikan kenyamanan bagi tamunya. Desainnya yang minimalis terasa hangat, beranda dengan konsep yang terbuka mempersilahkan Anda menikmati tiupan angin yang lembut.

Restaurant Bar Swimming Pool Kid Pool Library Cinema Music & Book Rental Kayaking Windsurfing Conference Space The Library 14/1 Moo 2 Chaweng Beach, Ko Samui Suratthani 84320 Thailand W: designhotels.com/the_library

Mulai

16618 THB per malam

MARCH//2012 2013 55 55AUGUST


logb ook : dine

Cita Rasa Aceh Sesungguhnya Temukan pengalaman mengeksplore kuliner Aceh yang tidak terlupakan. ungkin kekuatan utama pada masakan Indonesia terletak pada bumbu-bumbu yang digunakan. Dari Sabang sampai Merauke, penggunaan rempah pada segala jenis makanan Indonesia memang sangat sering digunakan. Tidak heran apabila cita rasa yang dihasilkan sungguh luar biasa. Aceh, salah satu tanah di Indonesia yang memiliki kekayaan rempah-rempah yang luar biasa, memiliki kuliner khas yang terasa kental dengan rempah-rempahnya, dan tentunya dengan rasa yang lezat. Kini memang tidak sulit untuk menemukan makanan khas Aceh di Jakarta, namun jujur, untuk dapat merasakan masakan khas dengan cita rasa asli Aceh yang rasanya lezat masih terbilang cukup sulit. Tapi rumah makan khas Aceh yang baru beroperasi selama kurang lebih satu bulan ini wajib Anda sambangi. Selain karena tempatnya yang nyaman dan bersih, suguhannya pun akan sangat membuat perut Anda kenyang dengan kelezatan hasil dapurnya. Bertempat di Ahmad Dahlan, rumah makan Ayam Tangkap Blang Bintang ini mengangkat semua ciri MARCH / 2013

56

TEKS: WILMA HARTYANDARI FOTO: S. EKO ANDI P.

M


belimbing dan udang. Keduanya memiliki rasa yang unik dan cocok dinikmati bersama nasi putih hangat dan suguhan lauk khas Aceh yang tersedia di rumah makan ini.

khas kuliner Aceh. Sesuai namanya, Ayam Tangkap merupakan menu utama yang harus dicoba apabila Anda bertandang ke tempat ini. Menu ini menyajikan potongan ayam yang digoreng kering, ditemani dengan daun kari, daun salam, dan daun pandan yang juga digoreng kering. Kerenyahan dari ayam dan daun-daun tersebut memberikan rasa unik yang spesial di lidah Anda. Ayam Goreng Khas Aceh terasa berbeda apabila dibandingkan dengan ayam goreng pada umumnya karena bumbunya begitu meresap. Rasa asin yang akan Anda temukan pada gigitan pertama terus berlanjut dengan kelembutan daging ayam yang kaya akan bumbu-bumbu khusus untuk ayam goreng ini. Sebagai teman untuk menyantap makananmakanan Aceh tersebut, ada Sambal Keumamah dan Sambal Ganja, dua jenis sambal yang penampilannya sangat berbeda. Sambal Keumamah terbuat dari ikan tongkol yang telah dijemur berhari-hari, sedangkan Sambal Ganja merupakan sambal yang terbuat dari campuran

Serangkaian kopi khas Aceh juga bisa Anda nikmati di Ayam Tangkap Blang Bintang, mulai dari kopi hitam Ulee Kareeng sampai dengan Sanger, kopi susu khas Aceh dengan proses pembuatan yang menarik. Bagi Anda yang menyukai rasa mint, maka Ice Coee Mint wajib Anda coba. Racikannya yang pas membuat minuman ini terasa menyegarkan. Berbagai pilihan minuman menyegarkan lainnya seperti Es Timun, Es Cincau, dan Es Timun Cincau akan menjadi minuman penutup yang tepat setelah puas menikmati suguhan menu-menu jagoan Ayam Tangkap Blang Bintang.

Ayam Tangkap Blang Bintang Jl. Kyai Haji Ahmad Dahlan No. 30 Kebayoran Baru Jakarta Selatan T: +62813 1841 1841 Twitter: @ayamblgbintang Facebook: Ayam Tangkap Blang Bintang

Rp 6.000-35.000 Selasa - Minggu 11.00 - 21.00 Sajian makanan yang lezat dengan rasa yang khas dan tempat yang bersih.

57 MARCH / 2013


uniq ue lodg e

New Style from New MajesticHotel Hotel cantik nan elegan yang akan membuat Anda terkesan.

S

elain sebagai surga perbelanjaan, Singapura juga menonjolkan sisi kreatifnya pada New Majestic Hotel. New Majestic Hotel terletak di pojok yang tenang di Chinatown. Melihat bentuk bangunannya dari luar, boutique hotel ini terlihat sederhana, selaras dengan bentuk kesederhanaan yang ditawarkan oleh daerah Chinatown di Singapura, salah satu daerah dengan campuran budaya yang kental dan terasa eklektik. Konsep “New Asia� dengan perpaduan perabotan 1920-an sampai 1960-an membuat hotel ini terkesan sangat elegan. Sang desainer interior membuat tempat penyambutan para tamu dengan desain yang dramatis. Area lobi yang dibuat dengan konsep all-white ini terlihat menawan, apalagi ditambah dengan peletakan perabotan bergaya klasik di segala penjuru area yang lapang ini. Menawarkan desain-desain yang bervariasi pada setiap kamarnya, New Majestic Hotel memang bertujuan menampilkan kreativitas senimanseniman baru Singapura. Pemilik New Majestic Hotel, Loh Lik Peng banyak mengajak seniman

MARCH / 2013

58


TEKS: IVANA FEDORA FOTO: “IMAGE COURTESY OF DESIGN HOTELS™â€? FOR BOOKINGS: WWW.DESIGNHOTELS.COM

lokal dalam pengerjaan boutique hotel ini. Untuk pengerjaan konsep lima suite-nya misalnya, Loh Lik Peng mengajak seniman dari berbagai bidang untuk menuangkan kreativitas mereka masingmasing. Hasilnya adalah konsep interior yang sangat bervariasi, mulai dari minimalis sampai dengan konsep yang penuh dengan fantasi. Lihat saja kamar bertemakan akuarium biru menyala atau kolam renang umum dengan dasar kaca. Tak ketinggalan, kamar mandi yang unik menawarkan pengalaman tersendiri, dengan perlengkapan mandi premium yang tersedia. Pemilik nampak memperhatikan semua detail demi membuat para tamu terkesan. Segala aspek yang ada di boutique hotel ini benar-benar diperhatikan. Kamar-kamar bergaya eksentrik tersebut tidak lupa dilengkapi dengan fasilitas modern seperti iPod dock. Jika Anda lapar, silahkan bersantap di Majestic Restaurant. Dipimpin oleh koki pemenang penghargaan Yong Bing Ngen, Majestic Restaurant memadukan masakan Kanton dengan wine berkualitas. Jendela kaca di langit-langitnya menampilkan pemandangan kolam renang, melengkapi pengalaman bersantap Anda.

Mulai

400 SGD per malam

Function Rooms Restaurant WiFi Express Laundry Service New Majestic Hotel 31-37 Bukit Pasoh Road Singapore 089845 W: www.designhotels.com/new_majestic_hotel

59 MARCH / 2013


tech gee k

M

Rp 1u.8lai dari: 90.000

SMART PHONE, SMART BUDGET Nokia Lumia 620, si bungsu dengan “isi� yang pintar.

Berbasis Windows Phone 8, Nokia nampaknya memang ingin semakin memantapkan untuk meramaikan pasar smartphone yang sedang ramai ini. Selain menggunakan basis teknologi tersebut di produk bungsunya ini, Nokia Lumia 620 ini juga dilengkapi dengan berbagai aplikasi pintar seperti MARCH / 2013

60

Nokia Maps, Drive Navigation, dan tentunya Nokia Music. Live Tiles merupakan aplikasi yang sudah pasti akan disukai oleh pengguna gadget ini, fungsinya adalah menghadirkan atau memberitahu kepada para penggunanya apabila ada pesan ataupun notiďŹ kasi tentang jejaring sosial yang mereka gunakan. Secara keseluruhan, smartphone ini merupakan gadget yang menyenangkan. Pilihan warnanya yang cerah dan menarik mungkin menjadi salah satu keunggulan produk ini. Jangan lupa kamera 5MP yang bisa ditemukan di Nokia 620 akan membantu Anda menangkap peristiwa penting sehari-hari di mana saja.

TEKS: WILMA HARTYANDARI

Nokia Lumia 620 yang diluncurkan oleh Nokia di triwulan pertama tahun ini tentu merupakan kabar baik bagi para pecinta smartphone. Menentukan posisi pada pasar smartphone dengan harga yang terjangkau, Nokia Lumia 620 diramalkan akan mendapatkan respon yang bagus di industri ini dalam waktu yang cepat, apalagi Nokia merupakan brand yang sudah dipercaya publik di seluruh dunia dengan kualitas produknya.


gamees & list gam & list enen

B Simulasi membangun kota dengan sentuhan karakter dan humor khas The Simpsons.

Rating:

egitu populernya permainan ini hingga pembuatnya harus menariknya sementara dari peredaran karena server yang ada tidak mampu menampung semua pemainnya. Kini, “The Simpsons: Tapped Out” juga dapat dimainkan di Android, tentu saja secara gratis. Cerita dan permainannya sederhana saja. Homer tidak sengaja mengakibatkan ledakan yang menghapus seluruh Springfield. Anda harus menyuruh sang pemalas

Homer bekerja membangunnya kembali sambil menemukan keluarga, tetangga, dan temannya yang nantinya akan membantu Homer untuk menjalankan kehidupan Springfield seperti biasa lagi, seperti membaca buku atau berbelanja di Kwik-E-Mart. Sayang, jika di versi Apple Anda bisa mengunjungi Springfield milik pemain lain, di Android fitur ini belum tersedia.

FREE

Android, iPad, iPhone, iPod touch

Unorthodox Jukebox Artis: Bruno Mars Rilis: 2012

T

Kombinasi bakat, karakter, dan ide dari berbagai era serta warna musik.

Rating:

MARCH / 2013

62

idak diragukan lagi bahwa Bruno Mars telah mencuri perhatian sejak pertama ia muncul. Albumnya di tahun 2010 “Doo-Wops & Hooligans” meraih kesuksesan yang luar biasa. Kini, ia kembali dengan album baru yang mencerminkan personanya dari sisi musik belum pernah dieksplorasi sebelumnya. Single pertamanya “Locked Out Of Heaven” terdengar fun dengan pengaruh 80-an dan teriakan-teriakan yang pasti akan menjadi favorit penonton saat

dibawakan live. Nuansa retro lainnya bisa didengar di lagu “Moonshine”, lengkap dengan sentuhan synthesizer. Lagu-lagu lainnya pun tidak kalah catchy, dari “Natalie” yang diiringi suara tepukan hampir sepanjang lagu hingga “Show Me” yang seakan membawa Anda menuju pulau tropis. Sementara di nomor ballad, suara Bruno Mars yang menyayat hati ditemani piano dalam “When I Was Your Man”.


sce ne & read

Safe Haven Sutradara: Lasse Hallstrom Pemain: Julianne Hough, Josh Duhamel, Cobie Smulders, David Lyons Durasi: 115 menit

F

Port dan mengganti namanya menjadi Katie. Dengan trauma yang luar biasa terhadap cinta, Katie membentengi dirinya supaya tidak terlibat perasaan lagi dengan siapapun di tempat barunya ini. Alex Wheatley, seorang duda beranak dua lambat laun berhasil membuat benteng Katie runtuh. Ketika akhirnya Katie memutuskan untuk menerima Alex, kisah suram dari masa lalu Katie kembali mendatangi. Safe Haven merupakan sebuah suguhan drama romantis yang menegangkan.

ilm yang diadaptasi dari kisah-kisah novel terkenal nampaknya sedang menjadi tren di industri film dunia. Kali ini novel karangan Nicholas Spark bertajuk Safe Haven mendapat giliran untuk menghiasi box office. Novel yang pernah menjadi novel terlaris di New York pada tahun 2010 silam ini bercerita tentang seorang wanita yang berjuang untuk lepas dari kisah romansanya yang gelap di masa lalu dan mencoba untuk jatuh cinta lagi. Erin Tierney memutuskan untuk memulai hidup baru, pindah ke sebuah kota kecil bernama South

TEKS: CITA ARSITA FARANI, IVANA FEDORA, WILMA HARTYANDARI

“Pacoh� Ketika Kucing Berbicara Pengarang: Didi Almeyda Penerbit: Gramedia Pustaka Utama Harga: Rp. 50.000

P

ernah membayangkan akan mendengar seekor kucing bercerita tentang curahan hatinya? Pacoh bercerita tentang manusia yang memeliharanya dan berkeluh kesah. Sangat lucu memang apabila membayangkannya. Si majikan pun nampak tak mau kalah dengan si Pacoh. Dalam bukunya, Didi Almeyda menceritakan bagaimana pertama kali ia menyukai kucing sampai pada akhirnya muncul Pacoh.

Tak hanya itu, Didi juga menceritakan banyak kejadian unik yang ia lewati bersama Pacoh si kucing kesayangannya. Curhatan dengan bahasa yang mudah dimengerti serta mengandung unsur humor membuat buku ini menjadi hiburan di kalangan pembaca. Berlatar belakang kisah nyata, buku ini menarik untuk dibaca. Penasaran seperti apa kucing berbicara, baca buku curhatan kucing ini.

63 MARCH / 2013


travel note s

Mengembara Bira Besar Sebagai pulau yang terbengkalai, ada pesona yang khas dari struktur-struktur yang sudah dimakan alam di sini.

64 64

MARCH AUGUST/ 2013 / 2012


MARCH/ /2012 2013 65 65AUGUST


B

ira Besar merupakan salah satu pulau di Kepulauan Seribu, sekitar 2-3 jam perjalanan laut dari Jakarta. Letaknya berbatasan dengan zona inti Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu, sehingga ideal untuk menikmati kesunyian dan keasrian alam laut ala taman nasional. Pada awalnya Bira Besar sempat dijadikan pulau peristirahatan mewah, namun akibat hantaman krisis moneter, akhirnya banyak fasilitas di pulau ini terbengkalai. Menjejakkan kaki di pulau Bira Besar bagaikan masuk ke dalam hutan antah berantah. Panas MARCH / 2013

66

terik di dermaga langsung berganti sejuk dingin udara hutan. Pulau ini tak berpenghuni sehingga yang terdengar hanya desir dedaunan di pucuk pepohonan, ditingkahi bunyi celeguk-celeguk binatang hutan dan koak-koak burung gagak. Sayup-sayup terdengar pula desir ombak halus di pantai. Tampak bangunan clubhouse dan kolam renang yang sudah tak terpakai. Konon, di tengah pulau ini terdapat danau buatan beserta lapangan golf. Sayang saya tak sempat mengunjunginya. Saya jumpai banyak spot foto menarik di Pulau Bira Besar ini, khususnya bagi yang menggemari foto-


foto dengan mood kelam atau dramatis. Bangunanbangunan tua yang terbengkalai, kolam renang yang berlumut, batang-batang besar pepohonan yang tumbang, jalan setapak dengan daun berguguran, pondok-pondok cottage yang berpencar satu sama lain, hingga dermaga tua di selatan. Island hopping adalah agenda yang tak bisa dilewatkan. Saya berlayar mengelilingi pulau-pulau indah di sekitar Bira Besar, antara lain Pulau Kayu Angin Bira, Pulau Kayu Angin Genting, hingga Pulau Perak. Jika beruntung, wisatawan dapat menemui penyu sisik yang masih termasuk satwa dilindungi, dan saya termasuk salah satu yang beruntung tersebut. Spot favorit saya adalah terumbu Perak, yaitu perairan dangkal di tengah lautan yang mirip kolam renang karena dasarnya yang landai dan berpasir putih. Rasanya tak mau henti berenang sembari snorkeling menikmati keindahan terumbu karang yang mengapit sisi-sisinya. Berlibur di pulau tentu belum sahih jika tak menikmati suasana sunset dan sunrise. Puas beraktivitas di laut, menjelang sore kami pun kembali ke Bira Besar untuk menikmati suasana

67 MARCH / 2013


matahari terbenam. Sebenarnya tak ada penginapan resmi di pulau Bira Besar. Namun beberapa cottage peninggalan resort di pulau ini dapat disewa karena masih layak digunakan. Pada waktu itu saya menginap beramai-ramai dalam satu pondok yang bisa menampung hingga 10 orang. Jika Anda mau, bisa saja mendirikan tenda di tepi pantai. Satu lagi hal menarik yang tak boleh dilewatkan di Bira Besar sebelum kembali pulang adalah menikmati sunrise di dermaga tua di selatan pulau. Saya datang ke sana sejak dini hari. Sayang sinar matahari tertutup awan, namun pemandangan tetap memukau. Sekeliling saya senyap berembun, bagai berada di tepian awan. Saya sampai terdiam menikmati kesyahduan ini. Indah dalam sunyi.

MARCH / 2013

68


Taufan Gio duabadai@yahoo.com getaway! menerima cerita perjalananmu. Kirim tulisan sekitar 400 kata dengan foto resolusi tinggi (300px) serta keterangannya ke getawaymagz@gmail.com

69 MARCH / 2013


love trib e indo & cult nesure ia

Malam Keramat Panjang Jimat Warga kota Cirebon ternyata punya cara tersendiri untuk menyambut hari besar Maulid Nabi.

70 70

MARCH AUGUST/ 2013 / 2012


MARCH/ /2012 2013 7171AUGUST


alam Panjang Jimat, begitu istilah yang dikenal warga lokal. Sebagian warga malah menganggapnya sebagai malam “keramat�. Selain merupakan waktu terbaik untuk berziarah ke makam Sunan, tiga Keraton yang pernah berkuasa di kota ini juga punya cara sendiri untuk merayakannya.

terawat bersih meski peziarah saat itu memenuhi ruangan. Di dalamnya terdapat beberapa makam dari kerabat Sunan. Sebuah ruangan khusus di sisi kiri adalah ruangan terbuka yang khusus digunakan untuk makam istri Sunan, Nyi Ong Tien yang berasal dari Cina. Ornamen berbau oriental begitu kental memenuhi area ini.

Saya memulai petualangan religi ini dengan mengunjungi makam Sunan Gunung Jati yang revolusioner. Letaknya di Desa Astana dan membutuhkan energi ekstra saat menyambanginya menjelang Panjang Jimat. Selain harus berjibaku dengan para peziarah yang membludak, saya juga harus melewati tantangan para pengemis liar yang berdiri berderet dari pintu masuk hingga ke dalam areal makam.

Di sampingnya adalah ruangan utama yang berukuran cukup luas dengan sebuah pintu besar dari kayu yang tertutup rapat. Menurut warga, itulah pintu yang langsung menuju ke makam Sunan Gunung Jati. Kondisinya selalu tertutup rapat kecuali saat tengah malam ketika perayaan Panjang Jimat, itupun hanya bisa dimasuki oleh keturunan Sang Guru.

Balemangu Pajajaran adalah bangunan utama di kompleks makam ini. Bentuknya seperti pendopo Jawa yang dikelilingi tembok putih. Bangunan ini dikelilingi banyak makam yang menurut warga lokal adalah makam para keturunan Sunan. Bagian dalam bangunan cukup luas dengan lantai yang MARCH / 2013

72

Berikutnya saya menyambangi para keraton. Dari data yang saya baca, Kasepuhan adalah keraton terbesar dan tertua di Cirebon. Perayaan Panjang Jimat di sini adalah perayaan yang terbesar di kota Cirebon. Keraton Kanoman yang letaknya tak jauh dari Kasepuhan juga tertutup oleh pengunjung yang membanjiri areal keraton.

TEKS & FOTO: YUDASMORO

M


berbeda, yaitu perayaan kelahiran Nabi Muhammad SAW dengan mendoakan para leluhur dan membersihkan barang-barang peninggalannya. Namun zaman telah berubah. Warga menganggap Panjang Jimat adalah ajang gelar barang-barang bertuah dan banyak orang ingin menyentuh barang-barang pusaka ini dengan harapan akan mendapat berkah.

Pesta yang paling sederhana dibanding dua kubu kekuasaan tersebut adalah Keraton Kacirebonan. Lokasinya yang agak jauh dan bangunan keraton yang hanya seukuran rumah pribadi membuat Panjang Jimat di sini terasa lebih khusuk. Warga yang datang juga tidak sampai meluap di jalan raya. Dari telusuran sejarah, Kacirebonan memang tak sebesar Kasepuhan dan Kanoman dalam hal kekuasaan. Kemunculannya dalam kancah politik Cirebon dimulai tahun 1808 oleh Sultan Carbon Kacirebonan. Di sini juga saya mendapat kisah tentang Panjang Jimat itu sendiri. Anggapan yang ada adalah Panjang Jimat sebagai upacara yang bersifat seremonial terhadap barang-barang pusaka yang dimiliki oleh Kesultanan Cirebon. Saat Panjang Jimat, biasanya barang-barang pusaka ini dikeluarkan dari tempat penyimpanannya untuk dimandikan. Kadang juga diarak berkeliling lingkungan Keraton. Panjang Jimat kini identik dengan kebendaan dan mistis. Dari cerita seorang petugas keraton, saya mendapatkan Panjang Jimat dengan makna

Di Kacirebonan, Panjang Jimat dimulai dengan memandikan barang pusaka peninggalan leluhur. Acara ini diadakan di pagi hari sebelum malamnya benda-benda ini akan dikirab menuju masjid di samping Keraton. Masjid Kacirebonan sendiri tidaklah besar, ukurannya hanya serupa rumah sederhana. Kirab dimulai dengan iring-iringan abdi dalem yang membawa panji-panji Kesultanan diikuti dengan deretan benda-benda pusaka dengan dibawa petugas yang memakai pakaian berjubah. Karena antusiasme warga yang ingin menyentuh benda-benda ini, maka sekelompok pasukan pengaman juga sudah disiagakan. Mereka bukanlah pasukan keamanan berkostum militer, tapi para pemuda berbaju hitam ala kesatria pencak silat. Keluar dari bangunan Keraton, benda-benda pusaka langsung masuk ke dalam masjid. Beberapa petugas berkostum jubah ikut masuk ke dalam masjid dan duduk mengelilingi benda-benda pusaka tersebut. Doa-doa dan ayat suci mereka lantunkan sepanjang malam. Sayangnya, sesi ini tertutup untuk umum. Dari warga lokal, saya mendapat kisah-kisah mistis tentang acara ini. Konon di tengah keramaian acara, tak cuma kaum manusia saja yang hadir memeriahkan Panjang Jimat, tapi juga para makhluk halus sang penjaga barangbarang pusaka.

73 MARCH / 2013


love indo nes ia

PONTIANAK Kota khatulistiwa yang kaya akan keindahan alam di daratan Borneo. ~Wilma.

S

enang bukan main ketika tahu bahwa saya berkesempatan untuk menginjakkan kaki di bagian barat daratan Borneo sekitar bulan Oktober kemarin. Begitu banyak cerita menarik yang saya dengar tentang pulau ini, terutama tentang keindahan alam pantainya. Maklum saja, saya memang sangat menyukai keindahan dan suasana pantai. Pasirnya yang putih dan birunya air laut yang selaras dengan cerahnya langit selalu membuat saya merasa bebas dan bahagia sekaligus memberikan perasaan sentimentil di dalam hati saya. Terik matahari langsung menyambut begitu saya tiba di Bandar Udara Supadio, Kalimantan Barat. Bagian dari pulau ini memang memiliki cuaca yang MARCH / 2013

74

panas, tapi itu tidak memupuskan semangat saya untuk menikmati suasana kota ini. Langsung saja saya menuju Pontianak, berjarak kurang lebih sekitar 17 km dari Bandar Udara Supadio. Matahari menemani perjalanan saya menuju pusat kota. Penyebab utama mengapa kota ini memiliki cuaca seperti ini karena Pontianak merupakan salah satu kota yang tepat dilalui oleh garis khatulistiwa. Tidak salah apabila di kota ini terdapat sebuah tugu yang dinamakan Tugu Khatulistiwa atau Equator Monument, pertama kali dibangun sekitar tahun 1928 lalu kemudian mengalami beberapa kali perubahan konstruksinya. Terletak sekitar tiga


kilometer dari pusat kota ke arah Kota Mempawah, tugu ini merupakan ikon pariwisata dari Pontianak. Bertandang ke Jalan Siam, Pontianak, saya menemukan salah satu kudapan menarik khas Pontianak, Choi Po Pan. Melihat dari penampilannya, bentuknya mirip dengan kroket kukus, namun warnanya putih. Dengan ditaburi bawang goreng di setiap permukaannya, kudapan ini memberikan rasa yang unik. Pembeli pun bisa memilih isi dari Choi Po Pan, Bengkoang, Kucai, atau Talas. Selain rasanya yang memang enak, harganya pun sangat terjangkau. Tidak terasa saya menghabiskan sekitar lima buah Choi Po Pan malam itu. Apabila Anda ingin mencoba sesuatu yang ekstrim, coba datangi daerah Pecinan kota ini, yaitu di seputaran Jalan Gajah Mada. Terdapat beberapa rumah makan yang menyajikan menu-menu kuliner yang ekstrim seperti daging tupai, ular bahkan labilabi, yaitu sejenis kura-kura air tawar yang memiliki tempurung yang polos. Ketika menginjakkan kaki di Kalimantan Barat, tidak sah rasanya apabila tidak menyaksikan pesona Danau Sentarum. Memang jaraknya jauh dari pusat kota Pontianak, memakan waktu sekitar 11 jam perjalanan apabila menggunakan kendaraan roda empat, namun kali ini saya memutuskan untuk menggunakan transportasi udara yang hanya memakan waktu kurang lebih satu jam menuju

QUICK!FACTS

Nama Pontianak berasal dari kisah Syarif Abdurrahman yang sering diganggu oleh Kuntilanak ketika menyusuri Sungai Kapuas.

75 MARCH / 2013


kota Putussibau, kota yang letaknya paling dekat dengan taman nasional ini. Taman Nasional Danau Sentarum merupakan hamparan luas berwarna hijau tempat Anda akan menemukan sebuah danau yang berfungsi menjadi gentong raksasa ketika musim hujan tiba. Banyak jenis ora dan fauna yang mendiami taman nasional ini menjadikannya salah satu taman nasional yang dilestarikan oleh pemerintahan setempat. Saatnya bersenang-senang di pantai, tujuan saya kali ini adalah Pantai Pasir Panjang, pantai ini merupakan ikon wisata yang sudah terkenal di Kalimantan Barat. Menghadap ke Laut Natuna serta beberapa pulau kecil yang bisa ditangkap oleh mata apabila berdiri di tepiannya membuat pantai ini sangat menarik. Nikmati suasana Pantai Pasir Panjang ketika matahari terbit maupun terbenam di cakrawala, Anda akan tercekat karena keindahannya. Deretan Gunung Besi dan pepohonan semakin membuat pantai ini terlihat elok. Apabila Anda hanya ingin menikmati tempat wisata yang berada tidak jauh dari pusat kota Pontianak, Anda dapat menikmati suasana yang ada di Taman

MARCH / 2013

76


Alun Kapuas, terletak di Jalan Rahadi Usman. Salah satu tempat yang cocok untuk bersantai sambil menikmati keindahan Sungai Kapuas.

FOTO: MACLOO, ANDEADNELUMUT, HARJO, FOOD DETIK, LOARANG, RUMAH ZAKAT BAPEDA KAPUAS, INFOWISATAKU, AZTAMI, TAMASYA TOUR, PUUKASKUS, RYNARI

Aloe Vera, Amplang Pontianak, dan Dodol Buah merupakan oleh-oleh khas Pontianak yang saya bawa pulang ke rumah. Di penghujung waktu saya di Pontianak, saya menyadari bahwa budaya di kota ini sangat dijaga oleh masyarakat setempat. Pontianak merupakan kota khatulistiwa yang menarik untuk dikunjungi di tanah Indonesia.

Bandar Udara Soekarno Hatta – Bandar Udara Supadio

Rumah Makan Suib Jalan Pattimura

Garuda Indonesia Lion Air

Kwetiaw Sapi Apollo Jalan Pattimura Bakso Ikan Ahin Jalan Pattimura

Hotel Santika Jalan Diponegoro No. 46 Pontianak 78123 T: +62 561 733 777 W: www.santika.com Orchardz Hotel Jalan Gajah Mada No. 99 Pontianak 78122 T: +62 561 768 999 W: www.orchardzhotel.com

Toko Roti Kaisar Jalan Pattimura Pusat Oleh-Oleh dan Souvenir Pontianak Jalan Pattimura dan Jalan Gajah Mada

Gardenia Resort and Spa Jalan Ahmad Yani II Pontianak 78391 T: + 62 561 672 6446 W: gardeniaresortandspa.com

77 MARCH / 2013


won der ful wor ld

GIANT SOFTSHELL TURTLE AT RISK

QUICK!FACTS

MARCH / 2013

78

Kura-kura ini bisa tumbuh hingga 2 meter panjangnya.

Anda bisa menyumbang lewat www.mekongturtle.com atau mendatangi Mekong Turtle Conservation Center langsung di Phnom Penh, Kamboja.

TEKS: CITA ARSITA FARANI

P

enyu tempurung lunak raksasa Asia (Cantor’s Giant Softshell Turtle) adalah salah satu penyu air tawar paling langka di dunia yang tersebar di beberapa negara Asia. Di Kamboja sendiri, Pelochelys cantorii sempat disangka punah dari Sungai Mekong hingga ditemukan kembali pada tahun 2007. Sejak itu, sebuah sistem perlindungan diimplementasikan dengan memberikan insentif kepada warga setempat yang sukses melindungi sarang penyu tersebut hingga telurtelurnya menetas. Ribuan tukik berhasil ditetaskan dan dilepaskan kembali ke Sungai Mekong berkat program ini. Sebagai bentuk ekowisata sekaligus fasilitas konservasi, Mekong Turtle Conservation Center (MTCC) didirikan untuk mengedukasi dan mengajak pengunjungnya untuk turut berpartisipasi melindungi penyu ini. Anda juga dapat melihat banyak penyu serta kura-kura lain dalam berbagai ukuran dan usia.


getaway

Reading points

Senayan City: Café Bon Francais Brew House Café Oh La La Chatter Box Cold Stone D’Excelso D’Glam Dairy Queen Express Thai Fitness First Foodism Gelato Bar Han Gang Head Quarter Johnny Andrean Jittlada Lu’vaze Ming Village Pizza Marzano Pizza Hut Soho Starbucks Sushi Tei Takigawa Tator

Potato Head Pancious Secret Recipe Starbucks Coffee

E Corner Kopi Luwak Daily Bread Qbox

Plaza Senayan: Café Oh La La Coffee Club Din Tai Fung Johnny Andrean Kafe Victoria Lu Vaze Paxi Barbershop Peter F Saerang Pizza Hut Starbucks Toni & Guy

Pondok Indah Mall 1 – 2: Café Oh La La Celebrity Fitness Chopstick Fish & Co Kafe Regal PHO 2000 Red Tomato Sapo Oriental Sour Sally Starbucks

Pasific Place: Bengawan Solo Coffee Café Bon Francais Coffee Club Coffee World Kopi Luwak Liberica Coffee

Epicentrum: 4 Fingers Comic Café Kafe Betawi Talaga T-Grill Starbucks Coffee

Cilandak Town Square: D’ Palace Dome Frankfurter Mangkok Putih Mister Bean Score Starbucks

Setiabudi One: Amadeus Starbucks Coffee Chatterbox Coffee World Sushi Groove Pizza e Birra Anomali Coffee Kafe Betawi Dapur Sunda Mangkok Putih Pisa Café & Ice Cream Frankfurter Mr. Pancake Plaza Indonesia: Bakerzin

Bistro Baron Café de Excelso Chatterbox Dante Coffee Shop De Excelso Family Café Gelare Ice Cream Café Heavenly Blush La Maison Kopi Luwak Lamoda Café Kafe Betawi Mister Bean Coffee Pancious Pizza e Birra QQ Kopitiam Saint Cinnamon Secret Recipe Spinelli Coffee The Coffee Bean Mall Kelapa gading: Aji Sen Ramen Food Sensation Celebrity Fitness Charmy Taiwan Noodles D’Exelso Dante Coffee Honey Moon Dessert Peter F. Saerang MM Juice Solaria Starbucks Sushi Groove The Coffee Bean Yakun Kaya Toast

Subscribe now by filling out this form: Name: ............................................................................ Address: ........................................................................ ....................................................................................... City / State / ZIP: ........................................................... E-mail: ........................................................................... Phone (Home): .............................................................. Phone (Mobile): ............................................................ Subscription package Jakarta 6 issues

Bodetabek

Luar Jabodetabek

[ ] Rp. 150.000,- [ ] Rp. 162.000,- [ ] Rp. 168.000,-

12 issues [ ] Rp. 250.000,- [ ] Rp. 324.000,- [ ] Rp. 336.000,*mark your selection with [ x ] PT GI Media Jl. Suryopranoto No.73. Petojo Jakarta Pusat 10160. T: +622134834177, +622145777100 F: +622134834177 E: getawaymagz@gmail.com

MARCH/ /2012 2013 79 79AUGUST


dire ctor y

Ayam Tangkap Blang Bintang Jl. Kyai Haji Ahmad Dahlan No.30 Kebayoran Baru Jakarta Selatan T: +62 813 1841 1841 Twitter: @ayamtangkapblgbintang Fb: Ayam Tangkap Blang Bintang

The Library 14/1 Moo 2 Chaweng Beach, Ko Samui Suratthani 84320 Thailand W: www.designhotels.com/the_library New Majestic Hotel 31 – 37 Bukit Pasoh Road Singapore 089845 T: +65 6511 4700 W: www.newmajestichotel.com Noeud Papillion Jl. Taman Ratu Indah Blok D4 No.18 Jakarta Barat T: +62 816 814 286 www.sanalfonso.cl

MARCH / 2013

80


81 AUGUST / 2012


AUGUST / 2012

82

Getaway! March 2013 Issue