Issuu on Google+

getaway PESTA BUDAYA

GREBEG

SUDIRO ISTANA MALAIKAT

LE MONT ST. MICHEL NEGERI PETUALANG

NEW ZEALAND

AUGUST 2013 ISSUE

www.getaway.co.id


tabl e of con ten ts

August / 2013 18 GRAND JOURNEY 44 URBAN STORY The Tales of Rotorua & Auckland

Vivid Sydney

70 TRIBE & CULTURE

30 ADVENTURE

46 EDITOR’S LIST

74 LOVE INDONESIA

36 EXPLORE

64 TRAVEL NOTES

Eat, Surf & Fun

Istana Malaikat

Life is Like a Roller Coaster

Grebeg Sudiro

Wamena

Tersesat di Masjid Jin

ON THE COVER hal. 36

hal. 18 hal. 30

Photo: Hobbiton Movie Set (Ian Brodie) Salah satu lokasi syuting trilogi film “The Lord of the Rings” dan “The Hobbit” ini merupakan bagian dari peternakan domba milik keluarga Alexander. Deretan lubang hobbit ini memang tidak bisa dimasuki, tapi tetap patut dikunjungi.

AUGUST / 2013

22


3 OCTOBER / 2012


getaway Advisors Gary Lilardi Iwan CEO Cicilia Sudargo

Editor’s Note

S

iapa sih yang tak ingin berlibur dan bebas dari rutinitas? Bulan Agustus buat saya adalah berkah tak terkira. Selain datangnya Hari Raya Idul Fitri, bulan ini juga merupakan penantian dari sekian banyak orang yang sudah rindu kampung halaman. Selain dua hal itu, ini juga berarti datangnya libur panjang. Itu sebabnya kami menyebut edisi ini sebagai “The Great Escape”. Ada kisah tim redaksi kami yang mengunjungi negeri para petualang, New Zealand, ada juga kisah kontributor kami yang mengunjungi Le Mont St. Michel yang cantik hingga menemukan surga baru di Lombok Selatan. Akhirnya, kami segenap tim redaksi getaway! ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan bathin. Semoga apa yang selama ini kami bagi kepada para pembaca dapat berguna dan menginspirasi Anda untuk terus traveling. Nah, tunggu apa lagi? Musim libur telah tiba. It’s time for your getaway!

Yudasmoro Minasani Managing Editor

AUGUST / 2013

4

Editor in Chief Cita Arsita Farani Managing Editor Yudasmoro Art Director S. Eko Andi Purnomo Editor Ivana Fedora Photo Editor Edric Rahardja Marketing Manager Wilman Anugrah (wilman.getaway@gmail.com)

Contributors

Dani Artana Fabiola Lawalata Nico Haryono Novani Nugrahani Radityo Wiriatmojo Rijal Fahmi Mohamadi getaway!

diterbitkan oleh

PT GI Media Jl. Suryopranoto No.73. Petojo Jakarta Pusat 10160. T: +622134834177,+622145777100 F: +622134834177 E: getawaymagz@gmail.com

Getaway! Magz

getawaymagz


August

1

Dalam rangka merayakan hari jadinya, Kedutaan Besar Swiss di Jakarta menggelar acara Swiss National Day di Grand Hyatt Hotel, Jakarta.

7

National Day Celebration. Sebuah perayaan terhadap hari lahirnya negeri Singapura. Acara ini berlangsung hingga 11 Agustus dengan menampilkan berbagai atraksi hiburan seperti pentas seni, musik dan permainan tradisional.

Busan Sea Festival. Gelar berbagai pentas hiburan di kota Busan, Korea ini akan berlangsung di beberapa pantai seperti Haeundae Beach, Gwangalli Beach, Songdo Beach dan Songjeong Beach.

8

10 Konser Pet Shop Boys di Jakarta. Duo musisi elektrik asal Inggris yang sudah melegenda ini akan mengguncang Jakarta tepat di hari kemerdekaan Indonesia.

Maleman Sriwedari. Sriwedari Acara pelestarian tradisi pasar rakyat yang akan diadakan di Sriwedari, Solo. Berbagai jajanan tradisional akan hadir di sini.

17

age nda

20

Feast of Hungry Ghosts. Acara yang diadakan di Macau ini merupakan ritual tahunan untuk menghormati para leluhur atau nenek moyang.

Festival Toraja 2013 akan dimeriahkan berbagai kegiatan seni, budaya dan permainan rakyat dengan tujuan meningkatkan serta mempromosikan budaya Toraja, festival ini akan digelar selama 3 hari hingga tanggal 24 Agustus 2013.

25 Singapore Kite Festival 2013. Bagi Anda penggemar layang-layang, pastikan Anda hadir di acara ini. Marina Bay Sands akan menjadi lokasi digelarnya acara yang akan penuh dengan hiburan ini.

22

Borneo International Marathon. Acara yang digelar di Kota Kinabalu, Sabah ini akan menjalani trek sepanjang 10 km, 21 km dan 42 km dan akan diikuti oleh para pelari tingkat internasional. Konser Metallica di Jakarta. Para penggila musik metal tampaknya akan terpuaskan hasratnya. Grup metal legendaris asal Amerika ini akan menggelar konsernya di Gelora Bung Karno.

31

MARCH // 2013 2013 5 AUGUST


besage t tim ndae

Where: Edirne, Turki

When: Mei

Why:

TEKS: IVANA FEDORA FOTO: ALLOGARA

Festival Kakava, sebuah festival masyarakat Roma di Turki untuk merayakan datangnya musim panas, dimulai dari Barat Laut Sarayiรงi Square, Edirne. Perayaan ini telah dirayakan oleh masyarakat Roma selama berabad-abad dan termasuk perayaan yang paling spektakuler di Turki tiap tahunnya. Dengan menari dan bernyanyi di sekitar api unggun dan ketika api unggun mencapai ketinggian tertentu, para pemuda mulai melompati api tersebut dan juga membakar furniture lama. Tradisi ini dianggap akan membawa keberuntungan di tahun mendatang. Menjelang fajar, para gadis muda memakai gaun pengantin akan berjalan menuju tepi Sungai Tunca melintasi jembatan diiringi dengan musik dan drum sambil berharap keberuntungan akan datang. Setelah fajar tiba, anak-anak Roma memasuki air sungai mencoba untuk menangkap gaun pengantin yang tersisa di sungai dan juga berharap keberuntungan.

AUGUST / 2013

6


Kondangan Peranakan Tionghoa

2013 I

stilah Peranakan Tionghoa sudah ada sejak sekitar abad ke-18. Istilah tersebut digunakan oleh pemerintah Kolonial Belanda untuk menyebut warga keturunan Tionghoa yang telah berasimilasi dengan penduduk Indonesia. Salah satu bentuk pencampuran tersebut dapat kita lihat melalui akulturasi budaya. Seni dan budaya buah dari akulturasi budaya Tiongkok dan budaya lokal Nusantara sudah ada secara turun temurun serta diharapkan berkembang sebagai salah satu warisan kekayaan budaya nasional Indonesia. Atas dasar itulah Asosiasi Peranakan Tionghoa Indonesia (ASPERTINA) didirikan secara resmi pada tanggal 28 Oktober 2011 dengan fokus kepada sejarah, seni dan budaya. Saat ini budaya Peranakan Tionghoa sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari budaya nasional bangsa Indonesia. Sebagai wujud apresiasi, pelestarian dan pengembangan budaya Peranakaan Tionghoa, ASPERTINA menyelenggarakan

pagelaran budaya yang bertajuk “Kondangan Peranakan Tionghoa” yang juga merupakan perayaan ulang tahun ASPERTINA pada 29 Oktober 2013 di Hotel Mulia Jakarta. Dengan didukung oleh para designer terkemuka Indonesia seperti Samuel Watimena, Itang Yunasz, Carmanita, Poppy Dharsono, Afif Syakur, Ferry Sunarto, Hangky Kawilarang, dan Ivan Gunawan* (*dalam konfirmasi) diharapkan dapat menjadi sebuah sosialisasi budaya Peranakan Tionghoa kepada masyarakat Indonesia khususnya generasi muda. Para tamu akan dihibur oleh alunan musik khas Peranakan Tionghoa, Gambang Kromong. Para undangan akan dimanjakan oleh hidangan khas kuliner Peranakan Tionghoa yang dipersiapkan secara khusus oleh Chef hotel Mulia. Untuk informasi kegiatan lebih lanjut dapat menghubungi sdri Ria/Dara di +62218317751.


travel tips

AWAS COPET! K

egembiraan saat traveling bisa saja hilang dalam sekejap bila faktor keamanan alpa dari perhatian kita. Traveling memang menyenangkan! Dalam melakukan perjalanan pun sering kali karena begitu asyiknya, kita jadi lupa mewaspadai keadaan di sekitar kita. Di tengah ayunan langkah kita di stasiun, terminal atau bandara, siapa tahu copet tengah mengintai. Apa saja kiranya yang perlu diperhatikan dalam menghindari resiko copet saat traveling?

PERHATIKAN BARANG BAWAAN ANDA

Jika Anda seorang backpacker yang menggendong ransel besar, tutuplah ransel Anda dengan rain cover rapat-rapat. Selain untuk menjaga kebersihan ransel, ini juga bisa digunakan untuk menghindari tangantangan jahil yang ingin merogoh kantong ransel Anda. Jika Anda membawa daypack, taruhlah di depan agar mudah untuk mengontrolnya. Begitu juga dengan koper. Selalu letakkan dalam jangkauan pandangan Anda.

SAKU RAHASIA

Jangan menaruh dompet Anda di saku belakang celana. Taruhlah di kantung yang letaknya tak mudah dijangkau orang lain. Jika Anda memakai jaket yang mempunyai saku di dalam, tentunya akan lebih aman untuk menyimpan dompet.

TAMPIL SEDERHANA

Jangan sembarangan untuk mengeluarkan gadget Anda di muka umum. Tentunya ini akan menjadi umpan yang empuk bagi para pencopet. Jangan juga memakai perhiasan berlebih. Tampillah sederhana agar tak mengundang perhatian para pencoleng. Perlu diingat bahwa para pencopet tidak bekerja sendirian. Mereka juga bisa tampak seperti penumpang pada umumnya, berpakaian rapih, membawa tas besar, bisa pria dan bisa juga wanita. Tingkatkan kewaspadaan saat Anda harus mengalami kondisi berdesakan. Ini adalah kondisi favorit bagi para penjambret.

88

JULY / 2013 AUGUST / 2013

TEKS: YUDASMORO

TETAP WASPADA


age wha t’snda up

Jakarta Fashion Week

P

ara pecinta fashion bersiaplah kembali akan perhelatan Jakarta Fashion Week (JFW) 2014 yang akan digelar pada 19-25 Oktober 2013 di Senayan City, Jakarta. Bekerja sama dengan Grazia Indonesia, Jakarta Fashion Week 2014 telah berhasil menjaring lebih dari 150 model yang akan diseleksi oleh para juri seperti Diaz Parzada (Creative Director Jakarta Fashion Week), Zornia Harisantoso (Chief Community Officer Grazia Indonesia) dan

Wawan Suharto (koreografer) Selain audisi model, rangkaian acara menuju JFW 2014 juga akan melibatkan para fashion bloggers melalui lomba yang diselenggarakan oleh Matahari Department Store. Dan untuk menantang para desainer muda, PT Trisula Textile Industries yang memproduksi bahan tekstil dengan brand Bellini, menggelar lomba desain seragam.

Upin & Ipin Meriahkan Ramadhan di Lippo Malls

R

akan dibagi menjadi dua show dengan masingmasing 4 karakter pada setiap show-nya.

Pentas ini juga akan menghadirkan tokoh-tokoh dalam serial Upin & Ipin seperti Jarjit, Mail, Mei-mei, Kak Ros, Ehsan dan Fizi, di mana 8 karakter tersebut

Selain pentas musikal, acara ini juga menggelar program hadiah langsung bagi pengunjung yang berbelanja dengan jumlah tertentu, yaitu berupa CD Upin & Ipin. CD musik ini berisi lagu-lagu ceria yang memberi nilai positif bagi anak-anak seperti lagu Baca Bukumu (Fadly), Ayo Sekolah (Green Voice), Cita-Citaku (Lana Nitibaskara), Sahabat Selamanya (Padi).

amadhan di Jakarta kali ini berbeda dari biasanya. Karakter Upin & Ipin yang lekat dengan dunia anak-anak hadir menyemarakkan bulan suci dengan pentas musikal bertema “Harmony of Ramadhan”. Program ini secara serentak hadir di 22 mall dalam portfolio Lippo Malls Indonesia ini akan dimulai pada tanggal 12 Juli hingga 11 Agustus 2013.

AUGUST / 2013

10


DISCOVERY KARTIKA PLAZA HOTEL Bali Raih Penghargaan Zoover

D

iscovery Kartika Plaza Hotel Bali, baru-baru ini menerima penghargaan Zoover Award sebagai salah satu akomodasi/penginapan terbaik di Indonesia. Zoover Award adalah penghargaan dari konsumen yang paling didambakan dalam bisnis perjalanan. Discovery Kartika Plaza Hotel menempati peringkat ke-4 terbaik dari semua hotel yang ada di Indonesia. Zoover Award diberikan berdasarkan kepuasan para pelanggan dari semua aspek yang ada di hotel. Hotel

ini telah meraih tingkat kepuasan 9,2 dari 10. Para tamu yang memberikan review harus menilai hotel pada titik yang berbeda, yaitu: apresiasi, lokasi, layanan, harga/kualitas, makanan dan minuman serta kamar. Penilaian tertinggi dari Discovery Kartika Hotel terletak pada aspek layanan. Satu hal yang luar biasa adalah bahwa hampir setiap tamu yang pernah tinggal di hotel ini menekankan pada setiap ulasannya bahwa sarapan pagi adalah hal yang terbaik bagi mereka di hotel ini.

Indonesia – Eropa Kini Lebih Cepat Dengan Etihad

M

askapai penerbangan nasional Uni Emirat Arab, Etihad Airways bersama dengan codeshare partner-nya, Garuda Indonesia menawarkan jadwal penerbangan dengan waktu transit yang lebih cepat dan waktu tempuh yang lebih singkat antara Indonesia dengan beberapa tujuan populer di Eropa dan Timur Tengah. Etihad Airways melakukan retime ight dari Jakarta ke Abu Dhabi dengan jam tiba pada pukul

6.50 pagi. Ini menjadi salah satu keuntungan terbang bersama Etihad Airways, di mana para penumpang dapat merasakan kenyamanan serta kemudahan saat melakukan transit ke destinasi penerbangan berikutnya . Kedua maskapai ini bersama-sama menawarkan jalur penerbangan yang nyaman dari Jakarta menuju ke : Frankfurt, London, Manchester, Paris, Geneva, Munich, Lagos, Brussels dan Dublin.

11 AUGUST / 2013


Momen Indah Bersama OPPO FrameORama

O

ppo sebuah merk smartphone dengan pengakuan internasional dan pengalaman melayani konsumen di Amerika Utara, Eropa dan Asia, mengadakan sebuah campaign selama bulan Ramadan dengan tujuan berbagi. Berbagi tidak hanya soal materi, tapi juga bisa berbagi cerita yang menginspirasi banyak orang. Dalam hal ini, Oppo ingin berbagi tentang sebuah momen dalam bentuk media foto.

Campaign ini disebut dengan FrameORama, sebuah momen yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari selama bulan Ramadan. Siapa saja boleh ikut campaign kompetisi online ini dengan syarat registrasi di akun facebook atau twitter. Lalu peserta dapat mengunggah foto melalui facebook, komputer, instagram dan twitter dengan hastag #FrameORama. Untuk info lanjut bisa dilihat di www.frameorama.oppomobile.co.id.

Finally! Youth of Today

A

khirnya Youth Of Today (YOT) menyambangi Jakarta dengan menggelar konsernya yang bertajuk “Break Down The Walls” pada tanggal 7 Juli 2013. Setelah diterpa isu kegagalan mereka datang hingga dua kali, akhirnya publik hardcore scene Jakarta terpuaskan dengan aksi penampilan mereka. Ray Cappo, sang vokalis begitu antusias ketika tampil di depan penonton bertempat di basket hall Universitas Jayabaya. Walaupun jadwal di majukan karena berbenturan dengan isu Ramadhan, namun YOT tetap memuaskan pengemarnya dengan membawakan 17 lagu. AUGUST / 2013

12

Konser kali ini di promotori oleh Warriors Jakarta bekerja sama dengan Baks Studio, Sans Project dan Reconstrux Booking. Tanpa basa basi, Ray Cappo dan Gitaris Jhon Porcelly memuaskan hasrat para penggemar dengan lagu-lagu seperti lagu “Make A Chance”, “No More”, “Cant Close My Eyes”, dan “Positive Attitude”. Di akhir acara, YOT memukau penonton dengan membawakan lagu milik Minor Threat. Cappo pun larut dalam suasana hingar bingar konser.


13 AUGUST / 2013


coff ee talk

BUDGET AIRLINES Solusi Jalan-Jalan Hemat

Mengenal lebih dekat penerbangan berbiaya murah

I

ngin bepergian menggunakan pesawat dengan tujuan berjarak tempuh singkat namun terkendala dengan biaya yang selangit? Kini sebetulnya masalah itu bukan lagi kendala. Menjamurnya maskapai berbiaya murah atau budget airlines bisa menjadi salah satu solusi yang ditawarkan. Jika dahulu pengalaman bepergian dengan pesawat terbang hanya dinikmati segelintir orang, kini hampir semua orang bisa merasakan nyamannya kabin pesawat dan waktu perjalanan yang jauh lebih singkat. Tapi apa sih sebenarnya budget airlines itu? Audrey P. Petriny, Communications Manager AirAsia Indonesia mendeďŹ nisikan budget airlines atau yang dikenal juga dengan nama low cost carrier (LCC) adalah maskapai penerbangan yang menerapkan konsep eďŹ siensi dalam menjalankan operasionalnya. Oleh sebab itu, maskapai penerbangan semacam ini dapat menawarkan kursi penerbangan berbiaya lebih hemat daripada maskapai penerbangan konvensional.

1414

AUGUST NOVEMBER / 2013 / 2012

Maskapai penerbangan berbiaya rendah pada umumnya memiliki model bisnis yang lebih sederhana dibandingkan maskapai penerbangan konvensional yang biasa disebut juga dengan kebijakan tanpa embel-embel (no frills). Biaya operasional yang membuat harga tiket menjadi mahal ditekan dengan mengurangi layanan-layanan yang umumnya diberikan dalam penerbangan konvensional. Fasilitas makanan dan minuman serta layanan bagasi tidak termasuk dalam layanan budget airlines. Tapi layanan-layanan tersebut tetap menjadi pilihan yang dapat dinikmati oleh penumpang, tentu dengan tambahan biaya tertentu. Itu sebabnya harga tiket budget airlines cenderung lebih murah daripada maskapai konvensional yang memberikan layanan penuh, di mana biaya untuk layanan seperti di atas sudah termasuk dalam tiket yang dibeli penumpang.


TEKS: NOVANI NUGRAHANI FOTO: ISTIMEWA

Menurut Audrey, pangsa pasar yang menjadi target budget airlines adalah mereka yang disebut sebagai smart travelers, yakni mereka yang mendambakan penerbangan berkualitas dengan biaya hemat. Siapa sajakah smart travelers itu? Menurut Audrey, penumpang budget airlines berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari mahasiswa, tenaga kerja Indonesia di luar negeri, karyawan hingga pengusaha. Selain layanan makanan, minuman dan bagasi, terdapat faktor lain yang turut membuat harga tiket menjadi lebih rendah. Misalnya saja teknik pemasaran dan penjualan tiket yang dilakukan melalui internet. Teknik penjualan ini menurut Audrey bisa mengurangi biaya administrasi dan SDM yang biasanya dibutuhkan untuk promosi dan menjual tiket. Budget airlines biasanya juga hanya menggunakan satu jenis pesawat saja. Dengan cara ini, biaya yang diperlukan untuk pelatihan bagi ahli mekanik dan perawatan pesawat bisa dihemat. Produktivitas SDM yang ditingkatkan, optimalisasi ruang pesawat serta utilisasi pesawat yang lebih tinggi juga bisa menjadi faktor yang menekan harga tiket.

15 AUGUST / 2013


on top

GOLDEN ICE CREAM Temukan taburan emas di es krim ini.

pa yang anda lakukan jika anda mempunyai uang ratusan juta? Apa yang akan Anda beli? Terpikirkah di benak Anda untuk membeli es krim? Sebuah restoran di New York, Serendipity 3 menyajikan es krim mewah yang bernama Frrrozen Haute Chocolate. Es krim ini disajikan dalam gelas minum baccarat crystal harcourt dengan emas 23 karat dan gelang berlian putih yang melekat pada leher gelas. Kemudian dicampurkan dengan emas 23 karat yang bisa dimakan. Untuk es krimnya, terbuat dari bahan adonan coklat cair yang dipadatkan dan berisi 14 cocoas terlangka di dunia. La Madeline au True yang merupakan true termahal di dunia pun menjadi bahan pelengkap es krim ini dimana setiap 453 gramnya bernilai US$ 2.500. Tidak sampai di situ, topping yang berisi 5 gram emas 24 karat juga siap untuk Anda cicipi dan gelang emas di dasar gelas.

Anda juga bisa mencicipinya dengan sendok seharga US$14.000 berlapis emas dan berlian di ujung sendoknya. Dan sebagai oleh-oleh atau kenang-kenangan, gelas dan sendok bisa Anda bawa pulang. Tentu Anda sudah tak heran mengapa es krim ini dikatakan es krim termahal di dunia, bukan? Hasil kerjasama Serendipity 3 dengan ahli pembuat perhiasan ini menjadikan Frrrozen Haute Chocolate tercatat sebagai es krim termahal di dunia dalam rekor Guinness Book of World Records. Untuk mencicipinya, Anda harus mengeluarkan kocek senilai US$ 25.000 atau sekitar 200-an juta rupiah. Berminat? www.serendipity3dc.com/

AUGUST / 2013

16

TEKS: IVANA FEDORA FOTO: ISTIMEWA

A


gran d jour ney

THE TALES OF TEKS: CITA ARSITA FARANI

ROTORUA

AUCKLAND

&

Mendengarkan, menyaksikan, dan mengalami sendiri kisah-kisah di Selandia Baru, baik yang ďŹ ksi maupun yang nyata. (www.newzealand.com)

AUGUST / 2013

18


19 AUGUST / 2013


Mt. Eden

J

ujur ketertarikan saya pada negara ini muncul sejak menonton ďŹ lm-ďŹ lm yang diadaptasi dari karya J.R.R. Tolkien. Pemandangan alam yang luar biasa membuat saya penasaran untuk menjejakkan kaki di sana. Namun rupanya Selandia Baru menyimpan banyak kisah dan menawarkan petualangan lain yang tidak kalah seru. Berkat undangan Tourism New Zealand, akhirnya saya diberi kesempatan untuk merangkai kisah sendiri dari pengalaman menjelajahi North Island, mulai dari Auckland hingga ke Rotorua dan berbagai tempat di sekitar kedua kota tersebut.

DAY

Sesosok patung Gimli setinggi 5 meter menyambut saya di Auckland International Airport persis di luar pintu kedatangan. Seakan memastikan bahwa saya baru saja sampai di Middle Earth versi dunia nyata. Auckland sendiri adalah kota pelabuhan yang terhitung luas sekaligus padat, namun standar kemacetannya jauh di bawah Jakarta.

ONE

Setelah makan siang, saya berjalan kaki menuju Sky Tower. Dengan tinggi 328 meter, menara observasi AUGUST / 2013

20

Viaduct Harbor


Sky Jump

Auckland Zoo

ini menjadi salah satu ikon Auckland. Bagi pemburu adrenalin, ada dua aktivitas menarik di sini. Sky Walk menelusuri platform yang mengelilingi bagian luar lantai 53 hanya dibekali tali pengaman tanpa dibatasi kaca, dan Sky Jump. Saya sendiri memilih Sky Jump yang bisa dibilang versi lebih bersahabat dari bungee jump karena bukan terjun bebas, melainkan digantung dengan tali dan diturunkan secara cepat hingga ke dasar. Meskipun sempat ragu meloncat turun, rasa takut hilang sama sekali begitu merasakan sensasi seakan terbang turun sambil menikmati pemandangan kota dari udara. Tak lupa saya merekamnya dengan kamera video kecil yang disediakan Sky Tower.

DAY

Pagi ini saya mengunjungi puncak Gunung Eden (Maungawhau), gunung volkano non aktif yang merupakan tempat keramat bagi suku Maori dan dipercaya sebagai tempat berdiamnya Mataaho, sang dewa volkano. Pemandu saya, Prince Davis dari Tamaki Hikoi, merupakan keturunan langsung dari ketua suku setempat, Ngati Whatua. Setelah menyapa dengan ritual dan nyanyian Maori, ia mulai menjelaskan tentang masa lalu Auckland (Tamaki Makau Rau dalam bahasa Maori) sambil

TWO

21 AUGUST / 2013


berjalan turun menelusuri gunung. Sepanjang sejarah, penduduk asli dan pendatang seringkali terlibat perebutan tanah, hingga akhirnya suku Maori menjadi pemilik lahan terluas. Sampai sekarang, suku Maori masih merayakan matariki, tahun baru secara tradisional di kawah gunung ini yang telah terselimuti rumput. Tak jauh dari sana, Auckland Zoo memiliki zona khusus bernama Te Wao Nui yang berisi satwa dan tumbuhan asli Selandia Baru, terbagi dalam enam zona habitat. Saya sempat melihat satwa langka seperti burung Kiwi dan Tuatara, sejenis reptil yang sudah ada sebelum zaman dinosaurus. Siangnya, saya mengikuti Whale and Dolphin Safari dari Viaduct Harbour dengan rute mengelilingi Hauraki Gulf Marine Park. Takut ketinggalan melihat satwa tersebut, saya memutuskan menunggu di dek depan kapal. Untung mantel yang saya pakai cukup tebal untuk menahan angin dingin. Sekitar satu jam selepas pelabuhan, mulai banyak burung laut yang biasanya menyertai kemunculan lumba-lumba dan paus. Hari itu, banyak kelompok lumba-lumba berjenis common dolphin yang dengan sengaja berenang berkejaran dengan kapal yang saya naiki. Rupanya rasa ingin tahu mereka tidak kalah. Sayang tidak ada paus

AUGUST / 2013

22

yang muncul. Namun saya diberikan sebuah voucher untuk mengikuti tur yang sama dan berlaku seumur hidup! Waiheke Island berjarak hanya 35 menit dari Auckland dengan feri. THREE Selain populer sebagai tempat menghabiskan akhir minggu, banyak warga yang memilih tinggal di sini karena menyukai suasana tenangnya meskipun mereka bekerja di Auckland. Pulau ini juga terkenal dengan wine dan komunitas seninya. Ananda Tour mengantar saya mengelilingi pulau, melewati bukit-bukit dengan pemandangan menakjubkan dan Oneroa Village yang bisa dibilang area bisnisnya.

DAY

Saya sempat mengunjungi Waiheke Community Art Gallery yang menampilkan karya seni Maori lokal maupun dari seluruh negeri, serta Church Bay Studio Gallery milik Gabriella Lewenz, seorang pelukis abstrak dari Amerika Serikat yang jatuh cinta pada pulau ini dan akhirnya menetap. Makan siang saya bertempat di Stonyridge Vineyard yang juga merupakan produsen wine dan olive oil terkenal. Sayang, musim panen anggur telah usai. Hari berlanjut dengan petualangan EcoZip. Saya kembali menguji adrenalin dengan menaiki zip line


EcoZip (semacam flying fox) dengan jarak tempuh 200 meter di atas sebuah hutan. Peserta yang takut ketinggian sekalipun dijamin akan ketagihan. Uniknya, Anda bebas membawa kamera sendiri untuk mengambil foto atau pun merekam video. Setelah itu, saya dibawa menelusuri hutan yang barusan saya lewati dari atas. Melihat dari dekat berbagai tumbuhan dan burung liar termasuk pakis perak (silver fern) yang merupakan lambang Selandia Baru. Saya tiba di Hobbiton Movie Set di Matamata. Pemiliknya, Russell bercerita bagaimana FOUR Alexander, kru film “The Lord of the Rings” mendatangi ayahnya karena lahan peternakannya dianggap cocok sebagai lokasi Shire, tempat tinggal para Hobbit. Pengunjung harus mengikuti tur untuk mengelilingi tempat ini. Luar biasa, rasanya seperti berada di dalam dunia Middle Earth. Ada 44 rumah Hobbit di sini dalam berbagai ukuran dan skala, dengan pekarangan dan berbagai detail dekorasi seperti kotak pos, kursi, hingga jemuran yang membuat saya hampir percaya memang ada Hobbit yang menghuninya. Rumah Bilbo dan Frodo ada di puncak bukit, lengkap dengan kursi yang diduduki Gandalf dan Bilbo muda di film “The Hobbit”. Sayang tidak ada yang bisa dimasuki meskipun pintunya bisa dibuka. Namun jika ingin

DAY

Stonyridge

23 AUGUST / 2013


Polynesian Spa melihat interior khas Hobbit, The Green Dragon Inn yang berfungsi sebagai kafe dan restoran akan memuaskan Anda. Untungnya saya tak dihadang pasukan Sauron di sini. Berikutnya, saya menuju Rotorua, area destinasi turis yang terkenal dengan geyser dan kolam geotermal alami. Saya pun langsung mencoba Polynesian Spa yang terkenal dengan berbagai jenis kolam air panasnya dengan suhu yang bervariasi. Saya sendiri berendam di Private Pool dengan suhu 38,5 derajat Celcius yang menghadap langsung ke Lake Rotorua. Kandungan alkalin di dalam airnya membuat kulit terasa halus. Di sejumlah kolam lain, tingkat keasaman air yang tinggi cocok untuk mengurangi rasa pegal. Agroventures adalah sebuah adventure playground yang menawarkan lima wahana unik. Dalam Agrojet, saya dibawa mengelilingi sungai buatan kecil berliku-liku dengan speed boat jet berkecepatan tinggi. Wahana lain yang saya coba adalah Swoop, sejenis ayunan raksasa setinggi 40 meter yang memiliki kecepatan 130 km/jam. Saya sempat melihat Shweeb, jalur balapan monorail yang harus dikayuh sendiri, Freefall Xtreme, melayang dengan hembusan angin kencang dari bawah, serta Rotoroa Bungy setinggi 43 meter.

DAY FIVE

AUGUST / 2013

24

Hells Gate


Agroventures

Usai makan siang dengan hidangan menu PasiďŹ k yang menggunakan bahan-bahan lokal di Mokoia Restaurant, saya menuju Buried Village. Dulunya bernama Te Wairoa Village dan merupakan destinasi wisata orang Eropa di tahun 1800-an, dengan kolam panas berundak-undak dan suku pribumi yang masih hidup secara tradisional. Letusan Gunung Tarawera di tahun 1886 pernah mengubur desa ini dan memakan korban lebih dari 150 jiwa. Di sini saya melihat sisa-sisa bangunan yang terkubur dan sejumlah barang peninggalan yang digali kembali. Jangan lupa datang ke sungai untuk melihat ikan rainbow trout yang menghuninya. Jika mau, Anda juga bisa turun ke Wairere Falls, air terjun setinggi 30 meter di tengah hutan rimbun. Cuaca cerah pagi ini sangat mendukung saat Pure Cruise membawa saya mengelilingi Lake Rotoiti di atas yacht mewah bernama Tiua. Dengan layar terkembang, yacht melaju memanfaatkan tenaga angin. Saya bersantai di bagian depan dengan selimut hangat sambil mendengarkan berbagai cerita dari Matt, sang pemilik sekaligus kapten yacht. Dari soal musim memancing hingga pulau di tengah danau yang dijadikan kuburan tradisional Maori. Sambil menunggu makan siang dipanggang langsung di atas kapal, saya berendam di kolam air panas alami Manupitua Bay milik keluarga yang tinggal di sana. Seperti banyak teluk dan lokasi piknik di danau ini, Manupitua Bay juga hanya bisa diakses dengan perahu.

DAY SIX

Buried Village

Pure Cruise Lake Rotoiti

Sebuah helikopter dari Volcanic Air Safari sudah menunggu di pelabuhan begitu saya kembali. Inilah kesempatan saya untuk menikmati hamparan hutan dan pegunungan Rotorua dan sekitarnya dari udara, mulai dari Blue Lake, Green Lake, melewati atas kota dan mendarat di Lake Rotorua. Nama Hells Gate mungkin terdengar seram, namun pemandangan yang saya lihat lebih terkesan misterius dan sedikit berbahaya. Asap putih muncul dari banyak kolam sulfur dan lumpur mendidih yang meletup-letup. Masing-masing memiliki ciri khas sendiri, seperti kolam sulfur yang tingkat keasamannya sangat tinggi sementara di sebelahnya ada kolam kecil berisi air jernih yang bisa diminum. Begitu masuk, Anda dapat mencelupkan kaki ke kolam lumpur putih yang hangat dan katanya berkhasiat tinggi untuk kulit. Pemandu

Helicopter over Lake Tarawera

25 AUGUST / 2013


Malam terakhir di Rotorua pun semakin lengkap dengan hidangan di Triple 1 Five. Saya mencoba kombinasi daging domba, sapi, dan rusa tanpa lemak, disajikan khas restoran tersebut di atas stone grill yang luar biasa panas. Waitomo merupakan area dengan banyak gua yang dipenuhi dengan glowworm (sejenis SEVEN keindahan serangga yang berpendar mirip kunang-kunang). Ada beberapa pilihan cara menjelajahi gua-gua tersebut. Dari yang paling santai dengan berjalan kaki dan perahu, hingga petualangan mendaki naik turun gua. Saya sendiri memilih Black Labyrinth, kombinasi jelajah gua dan tubing menelusuri Ruakuri Cave dengan jalur sepanjang 1 km di kedalaman 65 m. Medannya

DAY

Black Labyrinth AUGUST / 2013

26

cukup sulit, apalagi aliran air sungai bawah tanahnya cukup deras dan dingin. Saya harus berhati-hati sekali mengikuti pemandu memilih pijakan dibantu lampu sorot di helm. Memasang posisi duduk setengah berbaring di atas ban kecil, saya melewati area yang disebut limbo dengan langit-langitnya sangat rendah. Melewati air terjun pertama, pemandu saya mengajak beristirahat sambil menunjukkan sejumlah glowworm. Mereka sebenarnya bukan ulat, melainkan sejenis lalat yang berpendar biru untuk menarik mangsa. Air terjun kedua lebih tinggi dan harus dilewati dengan cara yang lebih menantang, yaitu melompat mundur sambil memposisikan ban dengan tepat supaya bisa mendarat duduk mengapung dengan ban di air. Tenang, proses ini tak sesulit kedengarannya. Saya dan peserta lainnya kemudian membentuk rangkaian di atas ban sambil berpegangan, mematikan lampu sorot dan menikmati indahnya kumpulan glowworm yang mirip hamparan bintang di langit gua. Sebuah pemandangan yang cocok untuk menutup kisah saya di Selandia Baru.

FOTO: CITA ARSITA FARANI, IAN BRODIE, CHRIS MCLENNAN, MARK DOWNEY, LEGEND PHOTOGRAPHY, DOK. WAI ORA GROUP, THE LEGENDARY BLACK WATER RAFTING CO., ECOZIP ADVENTURES, POLYNESIAN SPA, PURE CRUISE, VOLCANIC AIR SAFARIS

kami tidak ragu untuk mengusapkan lumpur ke wajahnya seraya menekankan bahwa kulit halusnya ia dapatkan dari lumpur tersebut. Tak mau kalah, saya pun ikut berkubang lumpur. Aneh rasanya, tapi khasiatnya memang manjur. Setelah berkubang, kulit saya jadi tak kalah cantik dari puteri keraton! Anda mau coba?


QUICK!FACTS Hells Gate

Kolam-kolam di Hells Gate memiliki warna dan suhu yang berbeda meskipun letaknya berdekatan.

27 AUGUST / 2013


Mulai

Mulai

169 NZD /

16,88 NZD /

malam / orang

malam

Heritage Auckland (www.heritagehotels.co.nz)

Ponsonby Backpackers (www.ponsonby-backpackers.co.nz)

Terletak di pusat kota, tidak jauh dari Sky Tower dan area belanja serta pusat aktivitas lainnya seperti Britomart dan Queen Street. Fasilitasnya lengkap termasuk Hector’s Restaurant yang menawarkan makanan serba sehat.

Hostel ini terletak di Ponsonby Road dan tinggal naik bus sekali untuk tiba di pusat kota Auckland. Terkenal karena fasilitasnya yang lengkap dan stafnya yang siap membantu.

Provider telepon di bandara menyediakan kartu SIM gratis. Anda bisa membeli paket prabayar Vodafone, Telecom, atau 2degrees mulai 19 NZD.

C

M

Y

CM

Singapore Airlines melayani penerbangan ke Auckland International Airport via Singapura. Cek: www.singaporeair.com untuk jadwal penerbangan.

! Rokok dilarang di semua area dalam ruangan termasuk di bar dan restoran. Lebih baik tukar NZD sebelum sampai, karena semua penukaran uang di Selandia Baru dikenakan charge. Sabuk pengaman wajib dipakai dalam mobil termasuk di kursi belakang.

Queen Street: Populer di kalangan anak muda. Mudah menemukan toko suvenir dan produk fashion lokal di sini.

Cuaca dan suhu bisa berubahubah drastis dalam satu hari yang sama. Semakin ke Selatan, suhu semakin dingin. Musim dingin: Juni-Agustus Musim panas: Desember-Februari

Ponsonby Road: Sering disebut sebagai area lifestyle shopping karena dipenuhi toko unik dan desainer lokal.

230/240 V, 50 H dengan colokan pipih bergigi tiga.

Britomart: Jika ingin berbelanja barang desainer kelas atas, di sinilah tempatnya. Banyak juga restoran, bar, dan kafe yang buka hingga malam.

Harga suvenir tidak jauh berbeda antar toko, termasuk di dalam hotel dan tempat wisata. Di bandara harganya bisa lebih murah karena tanpa pajak.

Untuk info jadwal dan rute angkutan umum, klik www.maxx.co.nz

Semua daging (kecuali babi) yang berasal dari Selandia Baru dijamin halal, tapi tidak semua restoran menggunakan daging lokal.

Bus: Mulai 2 NZD sekali naik.

Taksi: Pesan lewat telepon. Explorer Bus: Bebas naik dan turun mulai 40 NZD/hari.

BUDGET Singapore Airlines (PP) Visa Airport Tax Sky Jump Mt. Eden Walk HTM Auckland Zoo Whale & Dolphin Safari EcoZip Hobbiton Tour HTM Buried Village HTM Hells Gate Black Water Rafting *1NZD= Rp 8.197,-

AUGUST / 2013

28

1.826 USD Rp 1.455.000 Rp 150.000 225 NZD 40 NZD 25 NZD 160 NZD 99 NZD 75 NZD 32 NZD 16 NZD 119 NZD

MY

CY

CMY

K


advent ure

AUGUST / 2013

30


TEKS & FOTO: RIJAL FAHMI MOHAMADI

EAT, SURF & FUN Selong Belanak di Lombok Selatan menawarkan surga baru bagi para pecinta pantai.

31 AUGUST / 2013


L

ombok menyimpan banyak sekali “harta karunâ€?. Bagaimana tidak? Dua kali berkunjung ke Pantai Selong Belanak tidak lantas membuat saya bosan dengan pantai yang ada di Lombok Selatan ini, bahkan kunjungan kedua ini membuat saya semakin ingin kembali lagi. Lebih dari satu tahun yang lalu saya mengunjungi pantai ini dan rasanya semakin asyik untuk dikunjungi. Jika boleh berkata, Pantai Selong Belanak ini adalah salah satu destinasi turis terbaik di Lombok. Memerlukan waktu sekitar dua jam perjalanan dari arah kota Mataram untuk mencapai lokasi. Tapi jika dari arah Kuta di Lombok Selatan, hanya butuh tiga puluh menit. Tidak seperti dulu yang harus diakses dengan jalan aspal yang rusak, Pantai Selong Belanak kini sudah dihiasi jalan aspal mulus. Tak perlu lagi melintasi jalur o-road. Asyiknya berkunjung ke pantai ini salah satunya adalah karena tiket masuknya yang gratis! Meski begitu tetap ada retribusi parkir sebesar Rp 3.000. Tak apalah! Karena memang lokasi yang aduhay sebagai pantai wisata, tak cuma turis lokal saja yang datang kemari. Turis bule pun terlihat juga datang ke sini. Entah hanya sekedar ingin bersantai atau sedang ingin belajar menunggang ombak. AUGUST / 2013

32


Pantai Selong Belanak memang kini populer sebagai wadah untuk belajar surfing. Karakteristik pantai yang landai dengan ombak yang tak terlalu besar memang masuk dalam kriteria para surfer pemula. Jadi tak perlu terlalu khawatir tergulung ombak. Gelombang di sini cukup jinak. Pantai ini mirip dengan Pantai Kuta di Bali. Bedanya, Pantai Selong Belanak jauh lebih asri, bersih dan sepi tentunya. Jadi di sini tak terlihat deretan hotel dan diskotik dengan hingar-bingar dentuman musiknya. Sayangnya meski cocok untuk pelajaran dasar bermain surfing, pantai ini tidak menyediakan tempat penyewaan papan surfing. Satu-satunya tempat penyewaan adalah di Pantai Kuta yang berjarak tiga puluh menit dari Selong Belanak. Akhirnya niat saya hari itu untuk mengenyam pendidikan dasar surfing dengan berat hati saya batalkan. Ombak di Selong Belanak pun gagal saya taklukkan! Gagal menempuh kurikulum dasar surfing bukan berarti petualangan ini tak menyenangkan. Bermain pasir putih yang sehalus tepung dan air laut yang berwarna biru tosca ini ternyata seru juga. Bahkan

33 AUGUST / 2013


pantai-pantai di Bali pun setahu saya belum ada yang memiliki pasir sehalus ini. Jika sudah bermain pasir dan air laut, dijamin akan “lupa daratan�. Saya pun ingat daratan hanya ketika perut saya mulai keroncongan. Bicara soal perut yang keroncongan, saya tak perlu khawatir. Meskipun jarak pantai ini dengan pusat kota cukup jauh, tapi bukan berarti tak ada penjaja kuliner yang menggiurkan di sini. Rata-rata penduduk di sini menjual nasi campur dan kelapa muda sebagai pelepas dahaga. Tapi ada juga yang menjual aneka hidangan seafood yang merupakan hasil tangkapan mereka sendiri. Cara memasaknya pun ala petualang sejati. Seafood tidak dimasak dengan berbagai bumbu racikan apalagi senyawa kimia, tapi cukup dengan dibakar saja. Jadi rasanya masih benar-benar fresh! Jangan ragukan rasanya! Menyantap seafood di pinggir Pantai Selong Belanak sambal ditemani pemandangan pantai yang cantik inilah yang membuat saya selalu kangen dengan pantai ini.

AUGUST / 2013

34

Jakarta - Denpasar - Lombok: Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Lion Air, Air Asia Denpasar - Lombok: Wings Air

Sunset House Lombok Jl. Raya Senggigi no. 66, Senggigi, Lombok harga mulai Rp 570.000 per malam

! Sewa Motor: Rp 50.000 - 70.000 /hari


exp lore

ISTA NA MALA IKAT TEKS: FABIOLA LAWALATA FOTO: FABIOLA LAWALATA, ISTIMEWA

Dibangun dengan arsitektur yang cantik bak istana dongeng dan melalui rentang sejarah yang berliku, Le Mont St. Michel kini menjadi magnet turis di negeri Perancis.

36 36

MAY / 2013 AUGUST / 2013


37 AUGUST / 2013


K

ebanyakan para pelancong mengenal Perancis hanya sebagai sosok kota cantik bernama Paris dengan menara Eiffel sebagai permatanya. Saya mengeksplor negeri ini dengan tujuan Le Mont St. Michel. Sebuah pulau kecil di kawasan Normandi yang terkenal dengan bangunan biara cantik di tengahnya. Tak perlu repot untuk mengakses daerah ini. Struktur transportasi umum di negaranya Napoleon Bonaparte ini sudah sangat rapih dan tersedia di semua pelosok Perancis. Mulai dari low cost airlines, kereta hingga jasa sewa mobil, semuanya siap melayani turis yang ingin melancong di negeri ini. Jalan raya pun terhubung mulus nyaris tanpa lubang sedikit pun mulai dari kota hingga gang-gang di pedesaan dan perbukitan. Tak ada pula bus yang kebut-kebutan, semua diawasi oleh hidden camera. Coba saja melanggar aturan, dalam beberapa hari ke depan dijamin “tagihan” denda dari kantor polisi beserta bukti-bukti pelanggaran akan menguras kantong Anda. Jadi, selama di sini saya tak pernah membaca berita “sebuah bus nyemplung ke jurang”. Menuju Le Mont St. Michel, saya diberkahi pemandangan hektaran kebun bunga matahari dan kebun anggur. Keindahannya tak perlu diragukan. Saya jadi mengerti kenapa banyak kaum selebriti AUGUST / 2013

38


Hollywood rela merogoh koceknya demi membeli properti di daerah selatan atau barat Perancis. Brad Pitt kabarnya memiliki properti di Aix-enProvence yang terdiri dari tanah yang memiliki 13 jenis tanaman yang dikelilingi 20 air mancur, danau dan hidden tunnels. Andai saya juga seorang seleb! Le Mont St. Michel adalah sebuah daerah di Normandi yang berbatasan dengan Bretagne. Daya tarik utama yang menyita perhatian para pelancong di sini adalah sebuah bangunan gereja dan biara yang dikikis dari karang raksasa di sebuah pulau kecil. Lokasi yang hampir menyerupai Tanah Lot di Bali! Sebagian bangunannya berada di antara pinggir lautan dan daratan. Le Mont St. Michel memiliki sejarah unik. Dibangun pada tahun 709 oleh Uskup Aubert dari Avranches yang konon mendapat wahyu secara gaib untuk membangun sebuah gereja di sebuah pulau karang di tengah laut. Cerita setempat mengisahkan bahwa sosok malaikat Santo Mikhael telah menampakkan diri di depan sang Uskup untuk memberikan perintah langsung pembangunan gereja tersebut.

QUICK!FACTS Le Mont St Michel didirikan di atas pulau granit seluas 300 hektar

39 AUGUST / 2013


Namun perjalanan religi Le Mont St. Michel tak berlangsung mulus. Di abad 19 ia beralih fungsi menjadi sebuah penjara. Dari tempat ibadah dan tempat tinggal para pastur, berubah menjadi tempat mendekamnya para kriminal. Aristekturnya pun terkena imbas. Corak gereja yang cantik diubah sebagian menjadi tembok-tembok tinggi bak benteng pertahanan. Tempat penuh “hidayah� ini berubah menjadi hotel prodeo. Dari kejauhan, Le Mont St. Michel sudah terlihat seperti kastil cantik yang bersembunyi malu-malu di balik kabut. Cuaca hari itu memang tak terlalu bersahabat. Nampak sesekali kawanan sapi dan petani yang sibuk bekerja di ladang tak jauh dari Le Mont St Michel. Jalanan luas beraspal sengaja dibangun untuk menghubungkan Le Mont dengan daratan terdekat demi memudahkan kunjungan wisatawan.Tempat parkir mobil yang sewanya dipatok per jam memang laris manis, karena untuk mendekat ke Le Mont St. Michel hanya bisa diakses dengan berjalan kaki saja. Tapi tersedia juga free shuttle bertenaga surya yang khusus diperuntukkan bagi yang malas jalan kaki. Le Mont St. Michel juga memiliki waktu berkunjung. Karena lokasinya yang mirip lokasi Tanah Lot di Bali, maka pertimbangan akan pasang surut air laut pun AUGUST / 2013

40


mempengaruhi kunjungan turis. Saat saya tiba, saya hanya memiliki waktu berkunjung hingga pukul 4 sore karena setelah itu air akan pasang. Jika tak ingin terjebak, saya harus meninggalkan Le Mont St. Michel tepat jam 4 sore. Untuk mencapai Le Mont St. Michel saya harus melalui sebuah kota tua. Meski dipenuhi gang sempit dan kontur jalan yang tidak rata, tapi kota tua ini sangat cozy buat saya. Resto dan kafe yang menjajakan menu khas Perancis, pedagang suvenir yang menjual aneka oleh-oleh seperti magnet kulkas, kartu pos dan tas kain hingga lukisan pop-art dan pakaian tentara ala kerajaan masa lampau, semuanya tersedia di sini. Sebagai penggemar seni vintage, kota ini seperti surga buat saya. Setelah melewati jalanan yang menanjak dengan anak tangga batu yang berjumlah ratusan, sampailah saya di pintu masuk gedung utama dari bangunan Abbaye di mana setiap pengunjung yang ingin memasuki komplek Abbaye diharuskan membayar tiket sebesar 9 Euro. Saya beruntung karena saya datang saat Minggu pagi dan itu artinya saya berkesempatan untuk menyaksikan pelayanan Misa. Ritual ini terbuka untuk umum. Siapa saja boleh melihatnya termasuk saya

yang juga non Katolik. Rombongan pastur terlihat memasuki ruangan sambil diiringi alunan syahdu kidung pujian. Ini tentu pengalaman tersendiri yang sayang untuk dilewatkan. Setelah mendapat “siraman rohani� di gedung Abbaye, berikutnya bulu roma saya dibuat bergidik oleh Museum Torture di Maison de Du Guesclin. Dari namanya saja sudah bikin merinding. Bangunan ini juga masuk dalam area Le Mont St. Michel. Di dalamnya saya bisa melihat berbagai instrumen penyiksaan zaman kerajaan dulu komplit dengan visualisasi proses penyiksaannya. Jika Anda memang pecinta horor, bisa mengikuti perjalanan menyusuri penjara bawah tanah. Siapa tahu bisa bertemu “penampakan� hantu lokal. Setelah seharian mengelilingi Le Mont St. Michel, kini saatnya saya memanjakan diri dengan beristirahat sambil mencicipi kudapan khas lokal. Namun sebelumnya jika tak ingin bangkrut dalam sekejap, ada baiknya Anda pelajari dulu daftar harga menu yang biasa terpampang di depan restoran tersebut. Menu of the day ( Menu Du Jour ) atau Menu Hari Ini bisa menjadi pilihan karena biasanya merupakan makanan sehari-hari penduduk lokal dan wajib dicoba, untuk harganya pun biasanya lebih murah.

41 AUGUST / 2013


Nikmati juga kue Gallette dari Le Mont St. Michel yang banyak tersedia di tiap toko. Biskuit bulat yang terbuat dengan resep sangat sederhana, yaitu tepung, gula dan mentega ini memang sangat enak dan renyah. Jodohnya adalah dengan kopi atau teh hangat. Kue Gallete biasanya disimpan dan dijual dalam kotak kaleng yang sangat cantik. Tepat sekali untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di Tanah Air.

! Bulan Juli dan Agustus, setiap Senin sampai Sabtu, Abbaye St. Michel membuka kunjungan untuk malam hari dengan iringan musik Di abad 15, Inggris tiga kali menyerang Mont St. Michel, namun tidak berhasil. Mont St. Michel memiliki bangunan kembar di Inggris dengan nama Mount St. Michael yang terletak di Cornwall.

Turkish Airline : Jakarta – Istanbul - Paris Qatar Airline : Jakarta – Doha – Paris

Mata uang: € Euro Visa Schengen diperlukan untuk mengunjungi Prancis

AUGUST / 2013

42

Karena jalan ke Mont St. Michel sering tertutup air laut jika pasang, maka dulu pulau ini dijuluki Pulau Pasang.


urba n stor y

VIVID SYDNEY M

usim yang paling saya benci adalah winter. Bulan Mei adalah bulan penghujung musim gugur (autumn) dan kemudian saya harus mengucapkan selamat datang winter. Di Sydney, musim dingin dikenal dengan musim low season, khususnya bagi pengusaha-pengusaha resto. Namun low season ini tidak berlaku untuk pariwisata Sydney pada umumnya. Pasalnya, sebuah acara bertajuk Vivid Sydney selalu menjadi daya tarik sendiri buat para turis untuk bertandang. Acara ini adalah sebuah festival tahunan yang mengubah Sydney Skyline dengan atraksi laser dan LED serta teknologi lainnya. Pokoknya, Sydney bakal bermandikan cahaya warna-warni! Dengan tema “A Festival of Light, Sound and Music”, pemerintah kota Sydney menghadirkan puluhan seniman digital dari luar negeri untuk menyulap Sydney City menjadi Vivid Sydney. Seperti tahuntahun sebelumnya, gedung-gedung sekitar CBD, MCA, dan Custom House dihiasi dengan kerlapAUGUST / 2013

44

Saat kota lain membeku di musim dingin, Sydney justru bermandikan cahaya. kerlip lampu. Namun tahun ini ada kejutan yang luar biasa. Harbour Bridge yang super besar itu dihias dengan 10.000 lampu LED, bahkan lebih. Keindahan Harbour Bridge versi Vivid ini bisa dinikmati dari sisi North Sydney, karena memang hanya satu sisi Harbour Bridge saja yang dihias. Jadi saya harus ke daerah utara untuk bisa mengabadikan momentum ini. Sabtu merupakan hari yang spesial bagi para Sydneysiders (sebutan untuk warga setempat) yang hendak menghabiskan malam hari di Darling Harbour bersama keluarga. Untuk memeriahkan Vivid Sydney ini, Darling Harbour mengadakan Aquatic Show, sebuah atraksi teknologi yang memproyeksikan video dan musik yang atraktif dengan menggunakan air sebagai “layar tancap”nya. Perpaduan musik etnik ala Timur Tengah, musik ajeb-ajeb serta tarian-tarian di “layar tancap” air ini sungguh menghibur. Tembang “Wish you were here” dari grup rock legendaris asal Inggris, Pink Floyd mengalun merdu saat saya


TEKS & FOTO: RADITYO WIRIATMOJO

duduk di antara ratusan bahkan ribuan warga yang menyaksikan atraksi ini. Kebanyakan dari mereka adalah pasangan yang menonton dengan mesra, sementara saya tetap berkonsentrasi untuk memotret. Maklum, saya tidak datang dengan pasangan. I wish you really here‌

45 AUGUST / 2013


edit or’s list

AUGUST / 2013

46


LIFE IS LIKE A ROLLER COASTE R “H

idup ini bagaikan naik roller coaster”, kata sebuah ungkapan. Naik, turun, berbelok tajam dan kadang berjalan datar. Itulah perumpamaan tentang hidup yang diambil dari salah satu wahana hiburan paling laris di dunia. Adalah La Marcus Adna Thompson yang pertama kali memperkenalkan dan mematenkan wahana hiburan ini pada tahun 1885. Namun sebelumnya di abad 17 teknologi hiburan roller coaster sebenarnya sudah ditemukan oleh John G. Taylor dengan nama “Inclined Railway”. Zaman pun terus berkembang. Wahana hiburan kereta dengan rel naik turun ini kian populer. Kini, di banyak negara, roller coaster mengalami perkembangan pesat. Tidak lagi sekedar menampilkan rel yang njelimet, wahana ini sekarang juga mengincar nyali para penumpangnya. Nah kalau sudah begini, apakah hidup Anda masih seperti sebuah roller coaster?

47 AUGUST / 2013


KING DA KA B

erlokasi di Six Flags Great Adventure, New Jersey, roller coaster ini termasuk yang paling “ganas� di dunia. Sistem peluncur hidroliknya memungkinkan kereta mencapai kecepatan 204 kilometer per jam dari 0 kilometer per jam hanya dengan waktu 3,5 detik. Itu belum termasuk dengan jalur ekstrimnya yang bakal membuat penumpangnya berteriak histeris.

Setelah merasakan sensasi launch dengan kecepatan tinggi, penumpang akan langsung menghadapi tantangan berupa jalur menanjak 90o setinggi 139 meter yang melengkung dan kemudian turun lagi dengan kecuraman yang sama. Dengan ketinggian dan kecepatan seperti itu, rasanya hanya ada dua cara menghadapinya: berteriak sekencang-kencangnya sambil berpegang erat-erat pada pengaman. Roller coaster yang mulai dibuat tahun 2004 ini memang dirancang khusus untuk para penggila roller coaster. Jadi jika Anda percaya pada ungkapan “life is like a roller coaster�, cobalah naik Kingda Ka. Sengeri itukah hidup Anda? AUGUST / 2013

48


THE RIDDLE R'S REVENG E

A

nda penyuka kisah Batman? Pasti kenal sosok The Riddler, sang penjahat berpakaian hijau dengan logo tanda tanya besar di dadanya. Tokoh ini adalah salah satu musuh sang super hero yang terbilang cerdas karena senang dengan teka-teki. Nah, Six Flags Magic Mountain, Los Angeles di California menghadirkan wahana roller coaster yang diberi nama The Riddler’s Revenge. Dari namanya saja sudah membuat bulu roma bergidik. Si musuh Batman ini ingin “balas dendam”, rupanya! Bertema The Riddler sang musuh Batman, wahana ini menghadirkan sensasi kecepatan 105 kilometer per jam dengan jalur sepanjang 1.300 meter. Jalur vertical loop setinggi 34 meter akan menjadi tantangan dalam menuntaskan “pembalasan” The Riddler ini. Bagi Anda yang tak kuat dengan tantangan The Riddler ini, sebaiknya jangan mengharapkan bantuan dari Batman.

49 AUGUST / 2013


SUPE RMAN

ESCAPE FROM KRYPTON

L

os Angeles memang gudangnya penggila roller coaster. Selain memiliki The Riddler’s Revenge, mereka juga memiliki Superman: Escape from Krypton di tempat yang sama. Dibangun dengan dana US$ 14 juta, wahana sang man of steel ini menawarkan sensasi adrenalin yang berbeda dengan roller coaster lainnya. Tak ada jalur panjang berliku, jungkir balik dan naik turun. Wahana ini hanya punya 1 jalur menanjak 90o di mana kereta akan meluncur menuju puncak rel dan kemudian turun lagi. Sederhana memang! Tapi kecepatan roller coaster ini bisa mencapai 160 kilometer per jam dari 0 kilometer per jam hanya dalam waktu 7 detik sebelum menanjak secara vertikal pada rel setinggi 126 meter. Mirip seperti Superman yang terbang melesat ke angkasa. Penumpang dijamin akan merasakan sensasi 2,5 G-force pada 4 detik pertama setelah launch. Setelah itu rasakan sensasi menanjak dan turun secara vertikal dengan kecepatan tinggi karena penumpang akan merasakan sensasi “tanpa beban� dalam waktu sekitar 6 detik.

AUGUST / 2013

50


THUND ER

DOLPH IN N

TEKS: YUDASMORO FOTO: ISTIMEWA

amanya memang kontradiktif. Dolphin yang lucu bersanding dengan “thunder� yang terkesan gahar. Roller coaster ini dibangun setinggi 80 meter di Tokyo Dome City, kota Tokyo, Jepang. Selain trek nya yang meliuk-liuk, keunikan wahana ini adalah salah satu trek nya yang yang menembus sebuah bangunan dengan lubang besar di tengahnya. Jadi selain membuat histeris dengan rel yang meliuk liar, penumpang juga dibuat seolah-olah akan menabrak dinding besar. Keunikan lain wahana ini adalah letaknya yang tepat di samping jalan raya. Bayangkan! Anda akan dibawa naik turun melalui rel besi yang melingkar sambil berteriak histeris tepat di sisi jalan raya yang dipenuhi kemacetan lalu-lintas. Sambil berteriak-teriak histeris, Anda juga bisa menyaksikan pemandangan kota Tokyo.

51 AUGUST / 2013


logb ook : sho p

engan warna-warna cerah dan model yang trendy, Uniqlo siap menjadi pusat tren fashion baru di Jakarta Tanggal 22 Juni 2013 lalu boleh jadi merupakan hari penting bagi pecinta fashion Jakarta. Uniqlo, brand fashion ternama asal Jepang ini membuka gerai pertamanya di Jakarta. Menempati areal lantai dasar Lotte Shopping Avenue, Kuningan, gerai yang sebelumnya sudah memiliki sekitar 1.200 store di seluruh dunia ini kini menjadi sasaran baru bagi kaum muda pecinta fashion. Dengan menggunakan bahan berkualitas tinggi, Yasuhiro Hayashi, Marketing Manager & COO PT Fast Retailing Indonesia, memastikan bahwa semua produk yang dijual di Indonesia juga dengan menggunakan kualitas yang sama dengan produk Uniqlo di seluruh dunia. Hiroshima adalah kota pertama tempat produk Uniqlo pertama kali diperkenalkan. Terisnspirasi dari

AUGUST / 2013

52

kata “Unique”, “Clothing” dan “Warehouse”, Uniqlo kemudian muncul pertama kali di tahun 1984. Brand Uniqlo dimiliki oleh perusahaan ritel asal Jepang, Fast Retailing Group yang kini menjadi perusahaan ritel pakaian nomor empat terbesar di dunia. Gerai di Jakarta ini pun terbilang cukup luas. Dengan menempati dua lantai, para pembeli bisa dengan lebih bebas memilih koleksi pakaian yang ada. Lantai satu didominasi oleh koleksi pakaian casual untuk pria dan wanita. Segala jenis koleksi mulai dari jeans, blouse, jacket, t-shirt dan lain-lain tersedia di sini. Area store juga didominasi warna cerah agar terlihat lebih lapang dan nyaman. Lantai dua tersedia berbagai koleksi pakaian anak. Untuk kawula muda yang senang memakai jeans, Uniqlo menyediakan beberapa model koleksi yang sangat stylish, wearable dan tahan lama. Dengan kualitas yang tinggi, produk-produk ini dijual dengan harga yang terjangkau. Tak perlu khawatir

TEKS: YUDASMORO FOTO: ISTIMEWA

D


dengan kualitas jeans Uniqlo karena dijahit dengan menggunakan benang denim terbaik. Soal celana jeans, Uniqlo menganggap bahwa celana jeans ibarat teman dekat dan hubungan akan semakin dalam dan dekat seiring dengan berjalannya waktu. Jadi, sama seperti seorang sahabat, jeans Uniqlo ini dipastikan tak lekang oleh waktu. Nah, sekarang tak perlu lagi memborong Uniqlo ke negeri seberang. Di Jakarta sudah dibuka gerainya!

UNIQLO

LOTTE Shopping Avenue ( GF - 07 & 1F - 10 to 15) Ciputra World 1 Jakarta, JL. Prof. DR Satrio Kav 3 -5, Karet Kuningan Jakarta 12940. Setiap hari: 10.00 - 22.00

53 AUGUST / 2013


logb ook : stay

A SIMPLE PLEASURE Menikmati keindahan Rotorua langsung dari kamar.

S

ekitar tiga jam berkendara dari Auckland, Rotorua merupakan kota kecil yang populer sebagai destinasi wisata. Tak jauh dari pusat budaya Maori bernama Matariki, berbagai restoran, kafe, dan bar serta Danau Rotorua yang juga merupakan ikon kota ini, Novotel Rotorua Lakeside menawarkan kombinasi kenyamanan modern, pengalaman kuliner sekaligus pemandangan indah. Dari total 199 kamar dan suite, total tersedia 86 Lakeview Room yang menghadap langsung ke Danau Rotorua. Anda yang menginginkan kemewahan lebih juga bisa memesan King Suite, Triple, Executive Suite, maupun Prestigius Royal Suite. Kamarnya sendiri didesain modern dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang akan membuat Anda merasa betah. Di lantai dasar, akhir minggu merupakan waktu yang paling tepat untuk bersosialisasi di Clarke’s Bar ataupun sekadar mencicipi minumanminuman unggulannya. Pertandingan olahraga, terutama sepak bola rugbi, merupakan hal yang besar di kalangan warga Selandia Baru. Tidak heran bar ini menyediakan sebuah layar besar yang menampilkan pertandingan olahraga. Area teras bar ini juga populer di musim panas.

54 54

AUGUST AUGUST/ /2013 2012


Semua paket ini sudah termasuk kesempatan berendam di kolam geotermal privat.

TEKS: CITA ARSITA FARANI FOTO: DOK. NOVOTEL ROTORUA LAKESIDE

Hotel ini juga populer di kalangan keluarga karena berbagai fasilitas dan kemudahan yang ditawarkan. Di sudut pintu masuk restoran, sebuah area bermain bebas dipakai para tamu. Keluarga dapat membawa dua anak di bawah usia 16 tahun di kamar dan tidak perlu membayar tambahan untuk sarapan. Tersedia juga late checkout hingga pukul 2 siang di ‘hari Minggu.

Melewati Clarke’s Bar, Atlas Café dan Restaurant menjadi tempat utama untuk menikmati hidangan nikmat kebanggaan Novotel Rotorua Lakeview. Restoran ini buka sepanjang hari dan juga menawarkan menu sehat. Saat waktu sarapan, datanglah lebih pagi sebelum matahari terbit dan keluarlah dari pintu di ujung restoran. Dengan berjalan sedikit, Anda bisa sampai di tepi Danau Rotorua untuk menyaksikan keindahan matahari terbit di sini. Setelah lelah berkeliling kota Rotorua dan sekitarnya, In Balance Spa dapat membuat Anda segar kembali melalui berbagai perawatan, termasuk untuk pasangan. Paket yang tersedia juga cukup menarik, termasuk Daydreamer yang mencakup Spa Body Reviver Massage dan pilihan Rotorua Mud Facial atau Li’Tya Yirri Facial Treatment selama total 105 menit.

Restaurant Bar Function Rooms Fitness Center Sauna & Spa Geothermal Pool Business Center Free Internet Station Novotel Rotorua Lakeside Lake End Tutanekai Street I Rotorua 3040, Selandia Baru T: +64 7 346 3888 W: www.novotelrotorua.co.nz www.accorhotels.com

Mulai

112 NZD per malam

AUGUST/ /2012 2013 55 55AUGUST


logb ook : dine

A TASTE OF PACIFIC RIM

Di antara banyak restoran di Rotorua, Mokoia Restaurant menjadi tujuan mereka yang mencari cita rasa khas PasiďŹ k.

S

ebagai bagian dari Wai Ora Lakeside Resort, restoran ini terletak berdampingan dengan resort dan spa mewah di tepi Danau Rotorua. Namun di luar tamu yang menginap maupun tamu spa, banyak juga yang datang khusus untuk menikmati hidangan di Mokoia Restaurant. Restoran dengan nuansa elegan ini menyediakan hidangan ďŹ ne dining dengan cita rasa unik yang merepresentasikan Rotorua. Executive Chef Ervin Garde mengambil banyak inspirasi dari Rotorua itu sendiri, dan bekerja sama dengan Bryan dan Lisa Hughes menyusun menu yang dapat menyajikan pengalaman kuliner Rotorua yang sebenarnya. Rangkaian menu ini selalu berubah sesuai dengan musim dan bahan yang tersedia. Menurut Bryan, bumbu dan rempah-rempah yang digunakan diambil langsung dari Pulau Mokoia yang terletak di tengah Danau Rotorua. Rupanya selain berdarah Inggris, Bryan juga merupakan keturunan Suku Maori yang memiliki tanah pulau tersebut. Sementara Lisa sendiri merupakan keturunan Thailand dan Indonesia, jadi jangan heran jika Anda menemukan rasa yang mirip hidangan Asia di beberapa menu. AUGUST / 2013

56


konon diciptakan oleh seorang chef untuk menyambut kedatangan penari balet Anna Pavlova ke Selandia Baru.

TEKS: CITA ARSITA FARANI FOTO: DOK. WAI ORA GROUP

Selain set menu, tersedia pula a la carte menu yang berbeda untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Bagi mereka yang vegetarian, menu khusus dapat dipesan sepanjang hari.

Salah satu keunikan restoran ini adalah Anda bersama teman maupun keluarga dapat mencoba sederet menu spesial melalui konsep Signature Indigenous Shared Dining Experience. Menu pertama dibuka dengan roti rewana yang merupakan adonan tradisional Maori dan foccacia yang disajikan dengan homemade Mango relish, balsamic reduction, serta garlic butter dari daun kawakawa yang telah digunakan suku Maori selama 150 tahun sebagai tanaman obat. Untuk set hidangan selanjutnya, udang windu panggang dengan paciďŹ c queen scallop ditemani dengan tempura burung puyuh yang dibumbui dengan tanaman lokal bernama horopito dan bir Mata, bir buatan tangan asal Selandia Baru. Hidangan utama menawarkan daging sapi dan domba. Penutupnya terdiri dari berbagai pilihan seperti es krim dan sorbet buatan sendiri serta pavlova, hidangan penutup sejenis meringue yang

Mokoia Restaurant Wai Ora Lakeside Resort 77 Robinson Avenue Holdens Bay, Rotorua Selandia Baru T: +64 7 343 5100 W: www.mokoiarestaurant.co.nz

07.00-11.30 (breakfast) 12.00-14.30 (lunch) 18.00-22.30 (dinner)

Letaknya yang jauh dari keramaian memberikan nuansa tenang, pas untuk konsep ďŹ ne dining yang diusung.

57 AUGUST / 2013


uniq ue lodg e

Hotel Garam Jilat dindingnya jika tak percaya.

G

aram yang biasanya dijadikan bumbu dapur, kini dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan sebuah hotel di Bolivia, Amerika Selatan. Hotel Palacio de Sal tidak dibangun dengan pasir dan semen. Hotel yang terbuat dari garam ini merupakan hasil dari pengembangan Don Juan Quesada, salah satu arsitek hotel yang ingin membangun akomodasi di dataran garam Bolivia. Dibangun selama dua tahun dan pembuatan hotel ini menghabiskan 1 juta blok garam berukuran 35 cm. Garam yang digunakan hotel ini berasal dari dataran garam di sebuah danau di Salar de Uyuni, Bolivia. Dataran yang ditutupi oleh lapisan garam setebal beberapa meter ini sangat kaya akan kandungan lithium. Tersedia 16 kamar dengan bentuk menyerupai igloo, namun bukan blok-blok es melainkan blokblok garam. Selain dindingnya yang terbuat dari garam, anda dapat merasakan tidur di atas tempat tidur yang juga terbuat dari garam. Garam yang digunakan adalah garam yang telah diekstrak dari danau garam besar di selatan Bolivia. Saat makan malam tiba, Anda bisa datang ke ruang makan yang meja dan kursinya terbuat dari garam. AUGUST / 2013

58


air asin. Hanya di hotel ini Anda akan menemukan lapangan golf dengan sembilan hole yang terbuat dari garam. Tak percaya bahwa hotel ini terbuat dari garam? Anda bisa membuktikan dengan menjilat dindingnya. Tak jarang, hal ini juga banyak dilakukan oleh para pengunjung lainnya untuk membuktikan asinnya dinding yang menyelimuti bangunan hotel ini.

TEKS: IVANA FEDORA FOTO: ISTIMEWA

Mulai

84 euro

per malam Jangan khawatir, Anda tidak akan terjatuh karena garam ini telah dikristalkan. Dimana-mana Anda akan menemukan garam, begitu pula di sekitar kolam renang akan tersebar debu garam agar konsep garam semakin mengena. Dengan konsep yang menarik ini, hotel tetap memberikan fasilitas terbaik bagi para pengunjungnya seperti lapangan golf, sauna kering, ruang uap, pusaran air dan bak berendam

Bar Dining room Billiards Palacio de Sal Salar de Uyuni Uyuni, PotosĂ­, Bolivia T : (591)72406088 W: www.palaciodesal.com.bo

59 AUGUST / 2013


tech gee k

CANON IXUS 255 HS Kamera saku yang trendi dan hemat baterai.

Harga:

0.000,-

Rp 2.50

rand kamera asal Jepang, Canon meluncurkan kamera Canon Ixus 255 HS. Dengan dimensi 97.2 x 56.4 x 22.5 mm dan berat 144 gram, design kamera beresolusi 12.1 megapixel ini tetap tampak elegan. Ditambah dengan 3 varian warna yang dapat Anda pilih yaitu silver, black dan pink. Lensa 24mm berkemampuan optical zoom 10x dan didukung dengan prosesor DIGIC 5 dan teknologi high sensitivity system (HS) yang dapat menghasilkan foto yang detil dan minim noise pada ISO tinggi. Untuk video, kamera ini memiliki format Full HD 1080p dengan dukungan fitur Hybrid Auto Mode untuk menghasilkan video yang tajam dan minim getaran. Kegiatan fotografi Anda juga semakin dipermudah dengan hadirnya fitur Canon Smart Auto yang secara otomatis dapat mendeteksi suasana pengambilan gambar dan memberikan pengaturan

AUGUST / 2013

60

yang tepat secara langsung. Fitur Canon Intelligent IS System juga dihadirkan agar hasil foto semakin tajam dan bebas blur. Tak hanya itu, fitur sistem Face Id yang pada prinsipnya merupakan perluasan dari pengenalan fitur wajah. Fitur ini memungkinkan sepanjang pengambilan gambar, dapat menaruh sampai 12 wajah dalam sekali membidik. Serta bila dapat koneksi WI-FI, Anda bisa langsung terhubung pada perangkat Android atau IOS serta mempermudah kegiatan berbagi foto ke jejaring sosial. Kamera saku ini juga sangat cocok untuk Anda para traveler ketika jauh dari colokan listrik. Kamera hemat baterai ini dilengkapi dengan fitur Eco Mode yang bisa meningkatkan daya tahan baterai hingga 30 persen. Sehingga Anda tak perlu cemas lagi kehabisan baterai saat ingin membidik momen berharga.

TEKS: IVANA FEDORA

B


gamees& list & list gam enen

P Permainan sederhana yang menantang.

Rating:

ermainan ber-genre endless runner yang diterbitkan oleh Gameloft ini mempunyai keunikan dan tantangan tersendiri. Ditambah dengan karakter Minion yang lucu, permainan ini akan membuat Anda kecanduan. Minion yang lucu akan berlari mengumpulkan banana sebanyak-banyaknya. Banana ini bisa digunakan untuk membeli power up yang berguna saat permainan. Berlarinya Minion akan terhenti apabila Minion menabrak rintangan atau terjatuh dari lintasan. Pada beberapa tempat

juga terdapat musuh - musuh yang harus dikalahkan. Tentunya diperlukan kecepatan jari Anda untuk menggerakan si Minion tersebut. Tingkat kesulitan yang bervariasi membuat Minion Rush menjadi game yang sangat menantang. Anda tidak bisa menebak rintangan apa yang selanjutnya akan muncul, karena bentuk lintasan selalu berubah setiap kali permainan dimulai. Bosan dengan karakter Minion biasa? Anda bisa membeli karakter Minion lainnya dengan banana yang telah Anda kumpulkan.

FREE Android Iphone Ipod

Best-Of: Design of a Decade 2003–2013 Artis: Anggun Rilis: 2013

A

Kompilasi terbaik Anggun untuk penggemar setianya.

Rating:

AUGUST / 2013

62

nggun C. Sasmi merilis album kompilasi untuk kedua kalinya dalam karir musiknya. Album yang dirilis oleh Sony Music Indonesia ini tentunya berisikan hits terbaiknya selama satu dekade terakhir. Sebanyak 17 lagu ditampilkan, dari lagu “Crazy (Jadi Milikmu)” sampai “Hanyalah Cinta”. Termasuk juga dua lagu garapan Anggun bersama musisi Jerman Schiller dan tiga versi remix dari beberapa DJ terkenal. Album ini juga menampikan versi terbaru dari single internasional

perdana Anggun, “Snow on The Sahara”, yang digarap langsung oleh produser asal Kanada, Cyril Kamar.”Echo (You and I)”, “Lie to Me”, “Blind”, dan “Innocent Lies” menjadi list lagu yang belum pernah dirilis di Indonesia dan dapat Anda temukan pada album kompilasi ini. Album ini dapat menjadi sebuah alat bantu bagi yang tertinggal dalam mengikuti diskografi seorang Anggun dan tertarik untuk melihat perjalanan karirnya selama satu dekade terakhir.


sce ne & read

La Tahzan Sutradara: Danial Rifki Pemain: Joe taslim, Atiqah Hasiholan, Ario Bayu Durasi: 100 menit

L

Pada persiapan Yamada menjadi mualaf, Viona terusik masa-masa di Indonesia, ketika seorang ibu menitipkan alamat untuk mencari anaknya di Jepang; Hasan (Ario Bayu), teman dekat Viona. Hasan yang selama ini menghindar dari Viona dan keluarga, pergi dengan meninggalkan pertanyaan bagi Viona. Dengan bantuan Yamada, akhirnya Hasan berhasil ditemukan di Osaka. Hasan pun menceritakan semuanya. Kejujuranlah yang pada akhirnya menjawab pertanyaan hati Viona.

a Tahzan adalah film drama romantis yang mengambil setting di beberapa kota di Jepang. Mengisahkan tentang Viona (Atiqah Hasiholan) yang datang ke Jepang untuk belajar dan bekerja. Viona bertemu Yamada (Joe Taslim), seorang fotografer freelance, penduduk lokal berdarah Indonesia. Mereka pun menjadi akrab hingga Yamada jatuh cinta pada Viona dan ingin melamarnya. Bahkan Yamada siap pindah agama mengikuti keyakinan Viona.

TITIK NOL Pengarang: Agustinus Wibowo Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama

Harga: Rp 98.000

TEKS: IVANA FEDORA, YUDASMORO

I

nilah buku perjalanan pertama yang bisa membuat saya langsung mengurai air mata saat membacanya. Titik Nol bukanlah sekedar kisah tentang destinasi yang cantik di penjuru dunia. Buku ini lebih merupakan renungan akan sebuah makna perjalanan. Agustinus Wibowo, seperti di buku-buku sebelumnya (Selimut Debu, Garis Batas), kembali berhasil merangkai sebuah kisah perjalanan yang apik, menyentuh, lembut dan filosofis.

Agustinus Wibowo tak sekedar menceritakan pengalamannya dalam menjelajahi Tibet atau India, tapi juga menceritakan secara detil ada apa di balik obyek yang dilihatnya, menceritakan perasaannya, kegembirannya bahkan ketakutannya. Kisah perjalan yang eksotis ini dengan sangat apik dirangkai dengan kenyataan yang kontras tentang kisah ibunda sang penulis. Tentu saja saya berlinang air mata selama membaca buku ini.

63 AUGUST / 2013


travel note s

TERSESAT DI

MASJID JIN

Keberadaannya disusupi mitos gaib. Tapi masjid cantik di selatan kota Malang ini sebenarnya menyimpan falsafah kehidupan.

64 64

AUGUST AUGUST/ /2013 2012


AUGUST JULY/ 2012 / 2013 65 65 65AUGUST


R

asanya seperti terjebak di antara labirin saat saya mulai menelusuri lorong-lorong Masjid Jin. Ya, Masjid Jin! Ada mitos yang beredar bahwa dahulu masjid ini dibangun oleh jin. Hal tersebut agaknya berhubungan dengan kemunculan secara tiba-tiba sebuah masjid besar dan megah di antara perkampungan di tengah hutan. Desas-desus kemudian menyebar bahwa masjid ini dibangun oleh bangsa jin hanya dalam waktu semalam bak kisah Loro Jonggrang. Namun banyak juga yang menganggap bahwa itu hanya sebuah gosip belaka. “Ah, itu cuma guyonan. Sudah sejak 35 tahun yang lalu masjid itu mulai dibangun dan sejak 10 tahun terakhir mulai terkenal,� tutur seorang warga sambil terkekeh saat saya sempat mencari tahu asal-usul masjid ini. Diluar benar atau tidaknya kisah mistis tersebut, yang pasti saya sedang kesulitan mencari jalan keluar dari lorong-lorong masjid ini. Lorong dan sebagian ruangannya masih gelap karena matahari tak begitu nampak pagi itu. Hanya sedikit cahaya yang menyusup dari jendela berukiran huruf Arab yang membuat sebuah ruangan berwarna emas nampak lebih gemerlap. Setiap lantainya dihubungkan oleh banyak anak tangga yang tersebar di berbagai penjuru masjid. AUGUST / 2013

66


Lantai marmer yang menghiasi sebagian besar ruangan membuat kaki terasa dingin. Yang lebih menarik lagi adalah dinding berwarna biru yang dihiasi kaligrafi huruf Arab. Detailnya membuat saya kagum. Sejenak mengingatkan saya pada pemandangan Taj Mahal di India atau Masjid Sultan Ahmed di Istanbul. Masjid ini terletak di sebelah selatan kota Malang, Jawa Timur. Tepatnya di Kecamatan Turen, Desa Sananrejo. Sebenarnya bangunan ini adalah kelanjutan dari pondok pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah yang ada di bagian belakangnya. Santri dan santriwatinya berasal dari seluruh pelosok negeri. Walaupun begitu, jumlah santrinya tak mencapai ratusan. Benar saja setelah berjalan ke arah belakang masjid, nampak deretan kamar dengan nomor urut di atasnya. “Itu kamar tempat tinggal santri dan pengurus pondok,” kata seorang pengurus. Deretan pohon palem kecil dan beberapa beringin membuat suasana di luar masjid tak kalah sejuk daripada di dalam. Tak ada sampah yang berserakan dan hanya beberapa genangan air sisa hujan semalam saja yang menghiasi sudut jalan di luar masjid.

67 AUGUST / 2013


Masjid Jin ini juga sering disebut sebagai Masjid Tiban yang berarti “tiba-tibaâ€?. Namun pengurus masjid membantah kalau bangunan itu didirikan secara tiba-tiba, apalagi melalui bantuan jin. Pembangunannya sudah dimulai sejak lama dengan bantuan para santri dan warga sekitar. Tanpa rancangan arsitek profesional, namun hanya mengandalkan istiqarah pemimpin pondok, sedikit demi sedikit Masjid Tiban dengan percaya diri menjulang tinggi hingga mencapai 10 lantai. Hingga kini, pembangunan masih terus berlangsung. Ada bagian yang belum selesai dibangun. Karena terletak dalam kompleks pesantren, resminya masjid ini bernama SalaďŹ yah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah. Sama dengan nama Pondok Pesantren-nya Siang itu, pengunjung dan peziarah pun mulai berdatangan. Mereka mulai menyusuri loronglorong di dalam masjid. Beberapa pengunjung melepas alas kakinya kemudian memasukkannya ke dalam kantong plastik, mungkin untuk menghindar dari target operasi maling sandal. Rasa penasaran kembali mengusik saya. Di lantai atas ternyata telah berjejer toko yang menawarkan

AUGUST / 2013

68

pakaian muslim. Mulai dari sarung, mukena, sajadah, peci hingga tasbih. Di sampingnya dijual aneka makanan dan buah-buahan. Pengelolanya tak lain adalah santri pondok tersebut. Saya tidak bisa membayangkan, bagaimana ramainya tempat seperti ini saat bulan ramadhan tiba. Tak terasa matahari segera lengser. Sebelum meninggalkan masjid ini, seorang petugas berbincang pada saya bahwa masjid ini tak akan pernah selesai dibangun karena memiliki falsafah yang begitu dalam. Maksudnya bukanlah karena kucuran dana pembangunan. Tapi layaknya kehidupan manusia yang selalu jauh dari sempurna, masjid ini juga akan selalu dibangun sedikit demi sedikit untuk mendekati kesempurnaan karena manusia tak pernah menciptakan sesuatu dengan sempurna kecuali Sang Pencipta itu sendiri. Dani Artana daniartana@yahoo.com getaway! menerima cerita perjalananmu. Kirim tulisan sekitar 400 kata dengan foto resolusi tinggi (300px) serta keterangannya ke getawaymagz@gmail.com


cou ple spo t

TEKS: CITA ARSITA FARANI FOTO: ISTIMEWA

Linking Lands, Linking Hearts

A

da sebuah tempat yang populer sebagai tempat melamar calon pasangan hidup di New York. Dengan struktur yang megah dan latar belakang pemandangan kota yang memukau, Brooklyn Bridge menawarkan suasana romantis yang berbeda. Dengan perannya sebagai jembatan penghubung Brooklyn dan Manhattan yang dipisahkan East River, banyak yang menganggap jembatan ini sebagai simbol penghubung dua dunia berbeda, termasuk antara dua orang yang saling mencintai. Brooklyn Bridge sendiri adalah salah satu jembatan gantung tertua di Amerika Serikat. Selesai dibangun pada tahun 1883, Brooklyn Bridge sering tampil dalam film Hollywood populer seperti “It Happened in Brooklyn”, “I Am Legend”, “The Dark Knight Rises”, dan “The Avengers”. Terdapat jalur khusus untuk pejalan kaki dan pengendara sepeda di tengah jembatan dan di atas jalur untuk kendaraan bermotor. Bayangkan menelusuri jembatan ini tanpa terburu-buru, sekadar menikmati waktu bersama pasangan ditemani pemandangan indah. Di sisi Brooklyn, tak jauh dari mulut jembatan dan di pinggir East River, terdapat Brooklyn Bridge Park yang menjadi salah satu tempat favorit warga New York untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, teman, maupun keluarga. Banyak fasilitas olahraga dan hiburan yang dapat dinikmati pengunjungnya, mulai dari yang gratis hingga yang mewah. Tidak jarang ada pertunjukan seni seperti musik dan teater ataupun kegiatan lain seperti yoga bersama dan pertandingan olahraga. Lelah berkeliling? Kunjungi salah satu restoran yang tersebar di penjuru Brooklyn Bridge Park. Mulai dari pizza di Fornino, es krim organik di Blue Marble Ice Cream, hingga wine di Brooklyn Bridge Wine Bar sambil menatap matahari terbenam.

69 AUGUST / 2013


love trib e indo & cult nesure ia

70 70

AUGUST AUGUST/ /2013 2012


GREBEG SUDIRO Solo memang sarat dengan budaya tradisi. Tak cuma kental dengan budaya Jawa, masyarakat Tionghoa di kota batik ini pun punya ritual tradisi yang tak kalah menarik.

A

sap dupa memenuhi sudut-sudut Klenteng Tien Kok Sie, Solo dan membumbung ke angkasa. Aroma khasnya mengharumkan seisi ruangan meski kadang menyesakkan dada. Tak lupa juga kertas doa yang ikut dibakar bersama dupa ikut menambah kepulan asap di klenteng ini. Bagi para umat, ini adalah permohonan dan doa agar mendapat kehidupan yang lebih baik di masa mendatang. Tumpukkan sajian persembahan berupa buah-buahan juga terlihat memenuhi meja bercampur dengan aroma dupa yang dibakar tanpa henti. Hari itu kota Solo sedang bersiap merayakan acara Grebeg Sudiro. Sebuah ritual tradisi masyarakat Tionghoa – Jawa yang tinggal di kota Solo. Kata grebeg dalam kamus Jawa mengacu pada acara-acara tradisi peringatan khusus seperti Maulid atau Idul Fitri. Siang itu, meski mendung mulai menggantung, tetap tak bisa meredam antusias warga. Grebeg Sudiro digagas dan dilaksanakan oleh masyarakat kelurahan Sudiroprajan. Di mana etnis Tionghoa berdiam selama puluhan tahun dan berdampingan dengan etnis Jawa. Kedua etnis ini membaur dan terjadi akulturasi AUGUST/ 2012 / 2013 7171AUGUST


Ada beberapa gunungan yang disumbangkan oleh berbagai kelompok masyarakat untuk meramaikan grebeg. Dan gunungan kue keranjang menjadi gunungan yang utama. Kue keranjang sendiri merupakan kue khas masyarakat Tionghoa yang selalu dibuat ketika perayaan Imlek tiba. Gunungan-gunungan itu dikirab mengelilingi kawasan Sudiroprajan yang diikuti oleh beberapa kelompok masyarakat. Mereka adalah kelompok kesenian barongsai, masyarakat Kampung Sudiroprajan, kelompok pedagang Pasar Gede sampai kesenian kontemporer. Perayaan juga dimeriahkan oleh lampion berbentuk teko yang digantung di atas pintu gerbang Pasar Gede, diikuti

AUGUST / 2013

72

TEKS & FOTO: Nico Haryono

budaya. Biasanya pada puncak perayaan grebeg, masyarakat akan memperebutkan berbagai hasil panen yang disusun membentuk sebuah gunung. Tradisi rebutan didasari oleh falsafah Jawa Ora Babah Ora Mamah, yang artinya jika tidak berusaha maka tidak makan. Sedangkan bentuk gunung berarti wujud atas atas rasa syukur pada Sang Pencipta.


penyalaan lampion pada jembatan Pasar Gede. Grebeg Sudiro tahun ini menampilkan Festival Pelangi Nusantara, yang melibatkan sejumlah daerah dari berbagai pelosok Nusantara seperti Batak, Riau, Jambi, Lampung, dan Papua.

TEKS & FOTO: YUDASMORO

Perjalanan Grebeg Sudiro dari masa ke masa sebenarnya telah melalui rentang sejarah yang berliku. Seiring dengan perkembangan politik yang berganti-ganti, kaum Tionghoa pun pernah terpenjara selama tiga puluh tahun lebih. Jangankan selebrasi macam ini, beribadah pun sulit. Nuansa Tionghoa tak satu pun boleh tampil di muka umum. Tapi kini kondisi jauh berbeda. Saya turut merasakan aroma harmonisasi pada perayaan siang itu. Mengingat sejarah yang cukup panjang hingga akhirnya kehidupan warga Tionghoa bisa terbuka seperti sekarang memang cukup menarik. Grebeg Sudiro telah berkembang menjadi dialog elegan antara etnis Tionghoa dan Jawa di wilayah Solo. Wajah-wajah bahagia tampak di sepanjang siang itu. Meski akhirnya diguyur hujan, mereka tetap antusias merayakannya.

73 AUGUST / 2013


love indo nes ia

WAMENA

Mutiara dari timur ini kini sedang menggeliat untuk membangun industri pariwisatanya.

W

amena adalah kota kecil di lereng pegunungan Jayawijaya. Kini, dengan berkembangnya pariwisata Indonesia, Wamena kian bersinar sebagai salah satu tujuan wisata. Tak cuma bagi turis lokal, tapi justru banyak juga turis asing yang ingin mengunjungi Wamena. Untuk mencapainya, ada tantangan unik yang harus dilalui, yaitu cuaca. Karena letaknya yang ngumpet di balik pegunungan, cuaca di sekitarnya juga tak mudah ditebak. Pesawat pun harus meluncur melalui satu celah yang dikenal para pilot dengan nama “The Gate�. Ini adalah satu-satunya celah bagi pesawat untuk bisa mendarat di bandara Wamena. Matahari sangat cerah saat saya menginjakkan kaki di Wamena meskipun suhu udara memaksa saya untuk terus mengenakan jaket tebal. Konon pada tahun 1950-an, sebagian Wamena terutup salju. Pucuk-pucuk benteng Jayawijaya saat itu terlihat berwarna putih. Sayangnya, kini global warming telah banyak mengubah Wamena. Salju di Wamena hanya tinggal kenangan. AUGUST / 2013

74


Tujuan utama saya saat itu adalah Taman Nasional Lorentz. Banyak yang kurang mengenal soal Taman Nasional ini. Nama Hendrikus Albertus Lorentz juga masih jarang terdengar di kalangan pecinta traveling di Indonesia. Padahal Lorentz adalah sosok yang tak bisa lepas dari perkembangan Wamena dan Papua. Tahun 1903 adalah saat pertama Lorentz menginjakkan kaki di Papua dengan menjelajahi daerah Papua Utara mulai dari Teluk Cendrawasih hingga Danau Sentani. Ekspedisi yang mencatat jenis-jenis burung dan ciri ďŹ sik orang Papua ini kemudian gempar luar biasa di seantero Eropa. Beberapa catatan penemuannya hingga kini masih tersimpan sangat baik di Museum Volkenkunde, Leiden. Kemudian saya menuju ke Desa Kurulu. Kurulu adalah desa yang masih kental bernuansa tradisi. Dari luar, Kurulu hanya terlihat seperti daerah yang dikelilingi pagar tinggi dari alang-alang dan kayu. Saya memasuki desa ini melalui sebuah gerbang kayu berukuran agak sempit. Di balik pagar, terlihatlah kehidupan warga Kurulu. Kaum wanitanya memakai rok dari kulit kayu dan kaum prianya mengenakan koteka. Sebagian lagi mengenakan pakaian konvensional seperti kaos oblong. Tapi secara umum kehidupan di Kurulu masih sangat tradisional. Rumah warga masih berupa Honai (rumah adat suku Dani).

75 AUGUST / 2013


Peraturan yang wajib diperhatikan di Kurulu adalah masalah memotret. Di sini, memotret adalah hal paling krusial karena foto dikenakan tarif khusus oleh warga. Jadi saya tak bisa sembarangan memotret sebelum bernegosiasi harga dengan warga lokal. Tapi sebetulnya wajar saja jika hal ini terjadi. Toh rakyat Papua sendiri jarang bisa menikmati hasil dari industri pariwisata lokal mereka. Daripada hanya mengalir ke institusi tertentu, lebih baik menyumbang langsung buat warganya. Selain bisa berfoto dengan warga lokal yang mengenakan koteka, primadona Desa Kurulu yang sebenarnya adalah adanya mumi (mayat yang diawetkan) leluhur yang konon usianya sudah mencapai sekitar 360 tahun. Mumi yang menurut cerita warga setempat dulunya adalah kepala suku di Lembah Baliem ini bentuknya seperti dalam keadaan berjongkok. Tak ada informasi yang pasti

AUGUST / 2013

76


tentang proses pengawetan mumi ini. Suku Dani memang merahasiakan resep ramuannya. Meski wujudnya agak menyeramkan, tapi mumi ini mempunyai peranan penting bagi keturunan suku Dani. Mereka percaya bahwa kaum wanita pantang menyentuh mumi ini. Jika tersentuh maka diyakini musibah akan datang menghampiri desa mereka. Sebaliknya saat adanya pesta pernikahan, mumi harus hadir di tengah-tengah warga. Mereka percaya bahwa mumi akan merestui pernikahan dan meberikan kebahagiaan bagi rumah tangga. Jangan lupa juga untuk mencicipi menu khas lokal, Udang Selingkuh. Namanya memang tak sedap didengar, tapi percayalah, rasa udang ini lezatnya tak tertandingi. Dinamakan Udang Selingkuh adalah karena bentuknya yang mirip kepiting dengan capit yang besar. Warga lokal menganggap si udang ini lahir dari perselingkuhan udang dan kepiting.

Lion Air, Sriwijaya Air, Xpress Air, Garuda Indonesia (Jakarta-Jayapura) Trigana Air (Jayapura-Wamena)

MAS BUDI. Gang Lumba-lumba, T: (0969)31214

TEKS & FOTO: YUDASMORO

! BALIEM PILAMO Jl. Trikora Wamena, T: (0969)31043 (0969)32359

Bagi anda yang ingin membeli oleh-oleh, dapat mencari di sekitar Pasar Kota Wamena

Hotel Rannu Jaya 1 Jl. Trikora No. 109, Wamena Papua T: (0969) 31257 (0969)32150

77 AUGUST / 2013


won der ful wor ld

RED PANDA R

Uniknya lagi, buntutnya dengan panjang sekitar 37 cm ini berselang-seling warna merah dan coklat muda. Buntut yang panjang ini dimanfaatkan Red Panda untuk menjaga keseimbangan mereka saat berada di pohon. Hampir sama dengan panda hitam putih, batang bambu juga menjadi makanan favorit Red Panda di samping daun dan buah-buahan.

AUGUST / 2013

78

QUICK!FACTS Panda merah hanya mengekstrak sekitar seperempat dari nutrisi bambu

Anda dapat melakukan donasi di www.redpandanetwork.org

TEKS: IVANA FEDORA

ed Panda (Ailurus Fulgens) adalah sejenis binatang menyusui dalam ordo karnivora. Red Panda memang bukan sejenis panda hitam putih yang biasa kita ketahui. Walaupun keduanya memiliki nama�panda� namun mereka berasal dari keluarga hewan yang berbeda. Panda sejenis rakun ini hidup di hutan pegunungan di sekitar Cina, Nepal dan Myanmar. Namanya didapatkan karena bulunya yang tebal berwarna merah kecoklatan. Selain itu, mukanya yang mungil dan bulat yang berwarna putih terdapat garis merah kecoklatan dari mata hingga ke mulutnya.


getaway

Reading points

Senayan City: Café Bon Francais Brew House Café Oh La La Chatter Box Cold Stone D’Excelso D’Glam Dairy Queen Express Thai Fitness First Foodism Gelato Bar Han Gang Head Quarter Johnny Andrean Jittlada Lu’vaze Ming Village Pizza Marzano Pizza Hut Soho Starbucks Sushi Tei Takigawa Tator

Potato Head Pancious Secret Recipe Starbucks Coffee

E Corner Kopi Luwak Daily Bread Qbox

Plaza Senayan: Café Oh La La Coffee Club Din Tai Fung Johnny Andrean Kafe Victoria Lu Vaze Paxi Barbershop Peter F Saerang Pizza Hut Starbucks Toni & Guy

Pondok Indah Mall 1 – 2: Café Oh La La Celebrity Fitness Chopstick Fish & Co Kafe Regal PHO 2000 Red Tomato Sapo Oriental Sour Sally Starbucks

Pasific Place: Bengawan Solo Coffee Café Bon Francais Coffee Club Coffee World Kopi Luwak Liberica Coffee

Epicentrum: 4 Fingers Comic Café Kafe Betawi Talaga T-Grill Starbucks Coffee

Cilandak Town Square: D’ Palace Dome Frankfurter Mangkok Putih Mister Bean Score Starbucks

Setiabudi One: Amadeus Starbucks Coffee Chatterbox Coffee World Sushi Groove Pizza e Birra Anomali Coffee Kafe Betawi Dapur Sunda Mangkok Putih Pisa Café & Ice Cream Frankfurter Mr. Pancake Plaza Indonesia: Bakerzin

Bistro Baron Café de Excelso Chatterbox Dante Coffee Shop De Excelso Family Café Gelare Ice Cream Café Heavenly Blush La Maison Kopi Luwak Lamoda Café Kafe Betawi Mister Bean Coffee Pancious Pizza e Birra QQ Kopitiam Saint Cinnamon Secret Recipe Spinelli Coffee The Coffee Bean Mall Kelapa gading: Aji Sen Ramen Food Sensation Celebrity Fitness Charmy Taiwan Noodles D’Exelso Dante Coffee Honey Moon Dessert Peter F. Saerang MM Juice Solaria Starbucks Sushi Groove The Coffee Bean Yakun Kaya Toast

Subscribe now by filling out this form: Name: ............................................................................ Address: ........................................................................ ....................................................................................... City / State / ZIP: ........................................................... E-mail: ........................................................................... Phone (Home): .............................................................. Phone (Mobile): ............................................................ Subscription package Jakarta 6 issues

Bodetabek

Luar Jabodetabek

[ ] Rp. 150.000,- [ ] Rp. 162.000,- [ ] Rp. 168.000,-

12 issues [ ] Rp. 250.000,- [ ] Rp. 324.000,- [ ] Rp. 336.000,*mark your selection with [ x ] PT GI Media Jl. Suryopranoto No.73. Petojo Jakarta Pusat 10160. T: +622134834177, +622145777100 F: +622134834177 E: getawaymagz@gmail.com

AUGUST/ 2012 / 2013 79 79AUGUST


dire ctor y

Mokoia Restaurant Wai Ora Lakeside Resort 77 Robinson Avenue Holdens Bay, Rotorua Selandia Baru T: +64 7 343 5100 W: www.mokoiarestaurant.co.nz Novotel Rotorua Lakeside Lake End Tutanekai Street I Rotorua 3040, Selandia Baru T: +64 7 346 3888 W: www.novotelrotorua.co.nz www.accorhotels.com Palacio de Sal Salar de Uyuni Uyuni, PotosĂ­, Bolivia T : (591)72406088 W: www.palaciodesal.com.bo

UNIQLO

LOTTE Shopping Avenue ( GF - 07 & 1F - 10 to 15) Ciputra World 1 Jakarta, JL. Prof. DR Satrio Kav 3 -5, Karet Kuningan Jakarta 12940.

AUGUST / 2013

80


81 AUGUST / 2012


AUGUST / 2012

82


Getaway! August 2013 Issue