Issuu on Google+

DUNIA HAMSTER

IMAGINATION TECH 1 HAMSTER


IMAGINATION TECH 2 HAMSTER

ISI KANDUNGAN

NO.

KANDUNGAN

MUKA SURAT

1 2 3 5 6 7 8 9

PENGENALAN PENYAKIT HAMSTER & CARA RAWATANNYA TEMPAT TINGGAL HAMSTER CARA MEMBIAKKAN HAMSTER HAMSTER HAMIL & MELAHIRKAN MAKANAN SEIMBANG UNTUK HAMSTER TIPS KESIHATAN & KEBERSIHAN HAMSTER PENUTUP

3 9 22 29 33 39 46 49


Pengenalan

IMAGINATION TECH 3 HAMSTER


IMAGINATION TECH 4 HAMSTER

PENGENALAN MENGENAI HAMSTER Hamster adalah binatang sejenis haiwan pengerat,, terdapat berbagai jenis di dunia dan hampir ada di tiap negara. Bentuknya yang mini membuat hamster mudah untuk dibawa ke mana-mana mana dan tidak memerlukan kandang ya yang ng terlalu besar untuk tempat tinggalnya. Hamster termasuk ke dalam subfamili cricetinae.. Subfamili ini terbahagi ke dalam sekitar 18 spesis,, yang diklasifikasikan ke dalam enam atau tujuh kelompok. Sebelum mau ambil hamster sebagai pet kamu di rumah, eloklah kamu tahu jenis-jenis jenis hamster yang boleh bersesuaian dengan kehendak kamu. Ini memang penting sebab lain jenis hamster ada penjagaannya yang lebih khusus. 1. Hamster Syrian Panjang tubuh : 16-18cm Kitaran hidup : 2-3 tahun Cara hidup : Bersendirian


IMAGINATION TECH 5 HAMSTER

Hamster jenis ini biasanya di panggil "Golden Hamster" atau "Teddy Bear Hamster" berikut bentuk hamster yang sangat gebu seakan-akan teddy bear. Hamster ini kebanyakannya mudah didapati di kedai-kedai haiwan kerana hamster jenis ini yang selalu dijual di kedai haiwan. Hamster jenis ini amat mudah untuk dijinakkan. Oleh itu, untuk memelihara hamster, sesuai untuk jenis ini. Di alam kehidupannya yang liar, hamster ini memang hidup dalam bersendirian. Oleh itu, jika kamu hendak memelihara dua hamster syrian, pastikan seekor satu sangkar dan jangan satukan mereka dalam satu sangkar. Ini boleh mengundang pergaduhan yang amat teruk. Sebaiknya pelihara hamster dari saat mereka kecil yang masih tinggal bersama adik-beradiknya yang lain agar mereka terbiasa dari kecil sehingga mereka dewasa. Hamster ini adalah terbesar dan terpanjang antara lain-lain jenis hamster. 2. Hamster Campbell Panjang tubuh: 8-12cm Kitaran hidup: 2-2.5 tahun Cara hidup: Berkumpulan

Hamster campbell atau dikenali sebagai "Dwarf Campbell's Russian Hamster" ini sangat comel dengan bentuk badannya yang mini. Bagi sukakan hamster yang kecil eloklah pelihara hamster jenis ini kerana terdapat pelbagai variasi jenis dan warna bulu hamster ini. Namun jenis campbell hamster yang normal mempunyai warna kuning gelap kecoklatan dengan garis hitam di punggung dan mempunyai bulu yang panjang di sekitar kaki. Hamster jenis ini hidup dalam berkelompok. Justeru, tiada masalah bagi kamu jika ingin pelihara hamster jenis ini dalam jumlah yang banyak dan letak dalam satu sangkar yang luas. 3. Hamster Roborovski Panjang tubuh: 4-5.5/6cm


IMAGINATION TECH 6 HAMSTER

Kitaran hidup: 2.5-4 tahun Cara hidup: Berkumpulan

Hamster ini berasal dari Mongolia Timur wilayah utara daratan China dan berukuran paling kecil di antara hamster mini yang lain. Hamster ini sangat lincah dan susah untuk dijinak. (Namun jika kamu mahu pelihara hamster ini, pandai-pandailah kamu untuk jinakkan nya..) Hamster ini mempunyai 2 jenis warna bulu. Yang normal mempunyai warna putih di atas mata dan batang hidungnya hingga ke punggungnya berwarna coklat pasir keemasan dengan perutnya yang berwarna putih. Manakala White Face mempunyai warna bulu yang putih di seluruh wajahnya. Hamster jenis ini mempunyai ekor (tail) yang sangat pendek. Umumnya, hamster jenis ini hidup dalam berkelompok walaupun kadang banyak terjadi pergaduhan sesama sendiri. Hamster ini di antara yang paling lama mempunya jangka hidupnya.

4. Hamster Winter White Panjang tubuh: 7-9cm Kitaran hidup: 2-2.5 Cara hidup: Berkumpulan


IMAGINATION TECH 7 HAMSTER

Hamster Winter White adalah jenis yang paling sama dengan hamster campbell. Hamster jenis ini berasal dari padang rumput luas dan bersalji di wilayah utara Kazakhtan dan Siberia. Sesuai dengan namanya, bulu hamster ini akan berubah menjadi putih seakanakan warna salji apabila berada di udara yang dingin dan sejuk kerana asal hamster ini dari persekitaran yang sejuk dan dingin. Justeru, hamster ini sesuai dalam keadaan cuaca yang sejuk dan tidak terlalu panas.

5.Hamster Cina Panjang tubuh: 10-12cm Kitaran hidup: 2-2.5 tahun Cara hidup: Bersendiri

Hamster Cina berasal dari daratan utara China dan Mongolia. Hamster ini tidak jauh beza saiz tubuh badannya dengan hamster mini dwaft yang lain namun ianya bukan termasuk dalam Hamster Mini dan Dwaft Hamster. Selain itu, ekor hamster ini agak panjang berbanding jenis hamster yang lain. Hamster ini tidal lebat bulunya jika dibandingkan dengan hamster yang lain. Hamster Cina yang normal mempunyai warna kelabu dan warna coklat gelap dan warna bulu yang putih di bahagian perutnya.

6. Hamster Hybrid Inggeris: Hybrid Hamster Panjang tubuh: 8-12 cm Jangka Hayat: 1-1.5 tahun Karakter: Berkoloni


IMAGINATION TECH 8 HAMSTER

Hamster Hibrid adalah hasil pembiakan antara Hamster Campbel dan Hamster Winter White. Di dunia barat pembiakan campuran antara Hamster Campbel dan Hamster Winter White sangat ditentang kerana akan menghilangkan keaslian dan kemurnian dari sub spesies hamster amster Campbel dan Winter White. Di negara barat seperti Amerika dan Inggeris sangat jarang atau bahkan tidak ditemui Hamster Hibrid di kedai haiwan peliharaan atau diternakkan hamster yang ternama sekalipun kerana mereka pada umumnya tidak menyukai perkah perkahwinan winan 2 jenis binatang yang berbeza terutama hamster. Hamster Hibrid sebenarnya tidak hanya perkahwinan silang antara Campbel dan Winter White. Namun Syrian dan Campbel pun boleh di kawin silangkan dan anak mereka akan disebut Hamster Hibrid, begitu juga dengan hamster lain kerana mereka berasal dari sub famili yang sama (Cricetinae). Diyakini Hamster Hibrid mempunyai jangka hidup yang pendek. Umur hamster ini umumnya paling lama hanya mencapai 1.5 tahun. Hamster Hibrid mempunyai warna bulu krim.Terdapat juga warna putih dengan garis halus di punggung berwarana krim kri muda. Namun ada juga yang berwarna emas terang dengan mata berwarna merah. Hamster ini agak mahal.


Penyakit hamster & cara rawatannya

IMAGINATION TECH 9 HAMSTER


IMAGINATION TECH 10 HAMSTER

Antara jenis-jenis penyakit hamster:

1. Selesema/Flu Punca: Ini terjadi apabila keadaan menjadi terlalu dingin untuk hamster. Oleh itu tempat letak cage hamster haruslah diambil kira untuk jangan letak di tempat yang terlalu dingin sungguhpun hamster memerlukan udara keluar masuk dalam sangkarnya. Kalo kamu menghidapi flu, jangan sesekali pegang hamster kamu sebab boleh terjangkit. Jangan juga mandikan hamster dengan air..!! Sebaiknya mandikan dia dengan sabun yang khas untuk hamster. Gejala: Bersin, hidung berair & merah, selalu duduk dalam posisi membungkuk Cara atasi: Beri hamster air suam yang dicampur dengan sedikit madu, letakkan cage hamster di tempat yang kurang dingin, angin dan lebih hangat.

2. Wet tail / Ekor basah Punca: Penyakit ini selalu terjadi pada hamster jenis syrian disebabkan bulunya yang agak gebu dan panjang berbanding jenis hamster lain. Punca utama berlaku penyakit ini disebabkan jangkitan bakteria dan menyebabkan diare. Keadaan yang stress dan pemberian makanan yang tidak seimbang terhadap hamster menyebabkan hamster wet tail. Stress boleh dikatakan dari segi perjalanan yang jauh ketika kamu bawa hamster ke klinik vet, keadaan sekeliling dia. Gejala: Kurang makan, lemah, kurang bergerak dan kadang menunjukkan sikap yang agresif seperti berlari-lari sambil mengeluarkan bunyi seperti mendengus. Cara atasi: Suapkan makanan yang halus dengan tambah sedikit madu, letak sikit madu ke dalam airnya, bersihkan sangkar dengan gunakan sabun bakteria untuk membasmi kuman bakteria dalam sangkarnya contohnya dengan merendam sangkar dan peralatan hamster ke air panas untuk matikan kuman. Selepas keringkan sangkar hamster sekalisekali guna pengering rambut untuk panaskan tempat hamster agar dia merasa suamsuam kuku dalam sangkarnya.

3.Heat stroke Punca: Penyakit ini terjadi disebabkan hamster terdedah pada udara yang sangat panas atau sinaran matahari.


IMAGINATION TECH 11 HAMSTER

Gejala: Tidur terlentang luas, lemas, leher basah, bernafas lebih cepat dari biasa, berjalan terhuyung-hayang. Cara atasi: Pindahkan hamster ke tempat yang berangin dan tidak terdedah dengan sinaran matahari, letakkan 2 atau 3 kiub ais dibalut dengan kain berdekatan dengan hamster kamu supaya suhunya kembali normal dan terasa dingin.

4. Diare Punca: Diare terjadi disebabkan pemberian makanan sayur-sayuran dan buah-buahan yang berlebihan. Sungguhpun hamster makan apa saja yang disuap kepadanya, namun diingatkan makanan seimbang amat perlu dititikberatkan si kecil hamster..!! Gejala: ekor basah, mogok makan, najisnya yang berwarna kehijauan, lembik dan berbau Cara atasi: Jangan beri makan sayur atau buah untuk sementara, beri teh chamomile, bersihkan sangkar sekerap yang perlu.

5. Kutu Punca: kutu yang berupaya labah-labah kecil berada di kulit hamster dan sangat jarang dilihat dengan mata kasar kita. Kutu ini kadang dijangkiti oleh kutu kucing atau anjing. Gejala: Bulu hamster mudah tercabut dan selalu bergaruk berlebihan dari biasa. Cara atasi: bersihkan cage hamster sekerap yang mungkin dan mandikan hamster dengan barang mandian khas hamster. Jangan sesekali mandikan dia dengan air..!! Jika ada hamster berdekatan dengan dia, segera pisahkan mereka agar kutu tidak merebak.

6. Sembelit Punca: Hamster yang kurang minum air atau mengunyah beddingnya yang kotor. Ini akan menyebabkan sistem pencernaannya mengalami gangguan dan seterusnya menyebabkan hamster susah untuk buang najis. Gejala: Sakit perut dan mogok untuk tidak makan Cara atasi: Berikan sayur seperti jagung atau kubis dalam kuantiti yang sederhana. Boleh berikan juga setitis minyak sayuran selain berikan air yang bersih.

7. Kencing batu/bladder stone Gejala: Sering merasa sakit ketika buang air dan ada setitik kecil darah merah pada urinenya. Cara atasi: Tambahkan sedikit garam dalam air minumanya. Boleh juga dengan memberinya sedikit jus buah dengan kandungan vitamin c tinggi. Vitamin c ini baik untuk menyembuhkan kencing batu pada hamster.


IMAGINATION TECH 12 HAMSTER

8. Bulu Hamster Berminyak (Greasy Fur) Hamster yang bulunya berminyak bertanda bedding kandang tidak diganti secara teratur. Mengganti bedding kandang sangat penting untuk menjaga kandang supaya tidak berbau. Bedding kandang harus diganti dengan yang baru setidaknya sekali seminggu. Untuk bahan hamster membuat sarang atau nesting lebih baik menggunakan tissue. Hamster yang sudah tua biasanya mengalami bulu yang berminyak terutama Hamster Roborovski. Hamster yang mempunyai bulu berminyak bisa juga bertanda hamster sedang sakit yang berarti hamster terlalu lesu atau tidak bersemangat untuk membersihkan bulunya. Bila hamster Anda terlihat lemah dan lesu, Anda harus segera membawa hamster Anda ke vet karena itu pertanda hamster Anda sedang sakit. Hamster yang bulunya berminyak juga bisa diakibatkan bawaan dari gen atau memang sudah keturunan dari induk hamster. Jika Anda menggunakan minyak di jogging wheel hamster supaya tidak berisik, mungkin juga bulu hamster yang berminyak berasal dari situ. Jadi periksalah selalu jogging wheel hamster Anda sebelum menyangka bahawa hamster Anda sakit. 9. Bulu Hamster gugur (Fur Problem) Masalah yang sering terjadi pada bulu hamster adalah bulu yang gugur, rusak, kering, kulit yang gatal serta kulit yang menjadi kemerahan. Penyebabnya adalah parasit yang menempel pada kulit hamster, alergi, serta ketidak seimbangan hormon serta pemberian makanan yang salah. Induk hamster biasanya akan kehilangan bulu disekitar putting susu ketika masa menyusui bayi-bayi hamster. Hamster yang sudah tua juga akan mengalami kerontokan bulu yang disebabkan oleh tingkatan hormon yang semakin tua. Hamster yang alergi juga dapat menjadi penyebab utama dari kerontokan bulu. Bedding serutan kayu Cedar juga dapat menyebabkan bulu hamster rontok. Jadi bila hamster mengalami kerontontokan bulu berikan bedding berbahan kertas atau tissue. Hamster dapat menjadi alergi oleh beberapa jenis makanan tertentu. Jadi perlu diperhatikan bila hamster mengalami alergi yang dikarenakan oleh pemberian makanan baru. Berikan makanan yang biasa saja seperti biji-bijian tanpa pellet bila hamster alergi disebabkan makanan. Menggunakan bedding tisu juga sangat digalakkan jika bedding yang dipakai membuatkan hamster alergi. Jika Anda sudah mengetahui sumber dari penyebab hamster alergi, segera pisahkan hamster dari benda tersebut. 10. Kutu Kuping (Ear Mites) Penyakit hamster lainnya adalah kutu telinga. Seperti namanya, kutu ini bersarang dikawasan telinga hamster. Namun pada lainnya boleh menular dikawasan wajah dan bahkan juga kaki hamster. Kutu ini boleh menyebabkan jangkitan dan menyebabkan kulit


IMAGINATION TECH 13 HAMSTER

menjadi ruam tebal dan menjadi hitam. Langkah untuk mengelakkan hal ini adalah dengan membersihkan kandang hamster. Hamster juga boleh disembuhkan dengan menyuntikkan ubat ivermectin. Langkah penyuntikan ini dilakukan oleh doktor haiwan. Untuk kulit yang sudah terkena ruam, boleh disembuhkan dengan menyapu minyak zaitun (lakukan sekerap mungkin)

11. Bentolan Tahi Lalat (Moles) Bentolan seperti tahi lalat pada hamster terjadi karena usia hamster yang sudah tua. Jika hamster sudah berumur lebih dari 1 tahun, secara semulajadi tubuh hamster akan mengalami beberapa perubahan seperti benjolan tahi lalat. Benjolan tahi lalat tidak berbahaya bahkan itu normal kerana umur hamster yang menjadi tua. Hamster yang mengalami benjolan tahi lalat ini dapat hidup normal dengan makanan dan rutin yang teratur.

12. Hibernasi Hamster (Hibernation) Hamster sangat selesa pada suhu ruangan antara 18⁰C/65⁰F dan 26⁰C/80⁰F. Suhu yang tibatiba berubah akan menyebabkan hamster hibernasi. Dan hamster yang hibernasi akan mengakibatkan kematian. Jika anda perhatikan, hamster akan kelihatan sukar untuk bernafas dengan nafas yang sangat perlahan. Untuk menghindari hamster yang mengalami hibernasi, pastikan kandang hamster jauh dari saluran atau pipa udara tempat angin keluar masuk. Jika hamster Anda tiba-tiba mengalami hibernasi, Anda harus segera meletakannya di tempat yang hangat. Letakan hamster di dalam akuarium dekat dengan lampu pemanas reptile atau lampu bohlam 15 watt karena cara ini baik untuk hamster yang hibernasi. Anda juga boleh meletakan dekat hamster botol yang berisi air hangat 30⁰C/86⁰F sekitar 1 atau 2 jam. Usaplah hamster dengan lembut. Itu sangat membantu hamster untuk bangun. Tambahkan gula pada makanan dan di dalam botol minum hamster. Ukurannya adalah 1 sudu teh gula untuk satu mangkuk air. Beberapa saat kemudian hamster akan kelihatan mengigil tapi itu normal dan bertanda hamster sudah membaik. Pada masa sudah bangun semula, berikan makanan yang lembut atau makanan bayi (Baby Food) selama 3 hari. 13. Kurap (Ringworm) Kurap pada hamster disebabkan oleh jamur yang berkembang di kulit dan kuku hamster. Jika jamur semakin berkembang, bulu hamster akan menjadi pitak. Kurap pada hamster biasanya semakin berkembang pada kandang plastik, karena jamur dapat terus bertumbuh pada suhu yang lembab dengan sirkulasi udara yang tidak bagus. Gunakan


IMAGINATION TECH 14 HAMSTER

selalu sarung tangan pada saat memegang hamster yang terkena kurap. Cara mencegahnya adalah mandikan hamster setiap 4 minggu sekali dengan menggunakan shampoo Povidoneiodine atau Antifungals seperti Eniconazole atau Natamycin. Kandang hamster harus sering-sering di cuci. Kandang hamster harus diletakan di tempat yang tidak sempit atau ruangan dengan saluran udaranya baik dan kandang harus di sembur atau di cuci dengan cairan disinfektif yang mampu membunuh kuman.

14. Hamster terluka atau cedera (Cuts and Bruises) Ada saatnya hamster terluka karena kecelakaan dan untuk mengobatinya dengan mengoleskan krim daun teh (Tea Tree Cream) pada luka atau di sekitar badan yang memar. Tea Tree Cream dapat dibeli di petshop atau di apotik bila tempat Anda tidak ada petshop. Jika Anda menempatkan lebih dari satu hamster, perlu juga mengolesi pada hamster yang lain Tea Tree Cream juga supaya hamster yang lain tidak menyerang hamster yang sedang dalam perawatan. Tea Tree Cream adalah antiseptik yang sangat ampuh untuk mengobati luka, memar dan bekas cakaran pada tubuh hamster serta dapat membuat proses penyembuhan menjadi lebih cepat. 15. Penyakit Kulit Hamster (Skin Problems) Gambar di atas menunjukan hamster yang terkena penyakit kulit di bagian tangan. Penyebabnya adalah dari bedding atau dari perubahan pemberian makanan atau dari gaya hidup sifat hamster itu sendiri. Jika penyebabnya adalah bedding, ganti bedding segera dengan tissue, karena tissue roll toilet terbukti aman sebagai bedding hamster. Jika tidak ada perubahan setelah mengganti dengan bedding tissue, coba perhatikan makanan hamster, apakan penyebabnya oleh karena pemberian makanan yang menyebabkan masalah pada kulit hamster. Perlu diperhatikan bila masalah penyakit hamster disebabkan oleh suhu yang tinggi atau agak panas. Suhu ruangan untuk hamster adalah 65â °F/18â °C dan 80â °F/26â °C. Anda juga tidak boleh menggunakan bedding jadi hanya alas jeruji namun pijakan kaki hamster jadi tidak nyaman sehingga kaki hamster kadangkadang masuk di selah-selah jeruji atau bahkan yang bahaya kaki hamster dapat nyangkut dan susah untuk dilepas, oleh karena itu letakan Magic Mat dari Oasis diatas alas jeruji. Magic Mat bisa di dapat di petshop-petshop atau yang mudah dengan menggunakan alas kardus, lalu berikan tissue untuk hamster membuat sarang atau nesting. Hamster yang mempunyai masalah dengan kulit harus segera di rawat atau di atasi supaya masalah di kulit tidak semakin parah. Jadi perlu selalu diberi perhatiaan apa penyebab yang membuatkan kulit hamster bermasalah.

16. Hamster Lumpuh (Paralysis)


IMAGINATION TECH 15 HAMSTER

Hamster yang lumpuh diakibatkan oleh kecelakaan seperti jatuh dari ketinggian. Bila terjadi demikian Anda harus membiarkan hamster Anda sendirian di dalam kandang jauh dari gangguan dengan lingkungan yang tidak berisik sehingga hamster dapat kembali pulih. Dan jika hamster tidak mau makan setelah kejadian jatuh dari ketinggian dan lumpuh, Anda harus menyuapi hamster dengan makanan yang lembut dan lembek seperti makanan bayi atau Baby Food. Biasanya hamster yang lumpuh akan sembuh dengan sendirinya namun ada juga yang tidak dan malahan bertambah buruk keadaannya, tapi kasus itu jarang terjadi. Mencegah sebelum terjadi kecelakaan adalah yang terbaik. Paling utama adalah kandang hamster yang aman bebas dari sudut-sudut yang tajam. Tangga di dalam kandang harus kuat dan stabil. Dan juga tangga yang di dalam kandang harus terbuat dari plastik dan bukan kawat. Hamster harus di awasi pada saat bermain di luar kandang bahkan bila hamster bermain di dalam bilik anda sekalipun hamster harus di pantau. Jangan biarkan hamster memanjat perabotan yang tinggi karena hamster bisa meloncat secara tiba-tiba dan akibatnya hamster akan jatuh dari ketinggian yang dapat menyebabkan kelumpuhan. 17. Hamster Obesiti (Obesity) Hamster yang obesiti terjadi kerana kelebihan berat badan, yang diakibatkan oleh pemberian makanan hamster yang salah sehingga kesihatan hamster terganggu. Badan hamster akan kelihatan sangat gemuk dan juga hamster menjadi sangat malas dan jarang sekali bergerak. Solusi untuk hamster yang obesitas adalah dengan memberikan treat yang manis, di oleskan atau di campur dengan sayur-sayuran. Tingkatkan hamster untuk berolah-raga seperti Bola Hamster atau Hamster Ball. Jadi dengan menggunakan Hamster Ball, hamster akan dipaksa untuk berolah-raga sehingga berat badan hamster menjadi normal kembali dan sihat. Anda juga bisa membiarkan hamster Anda berlarilarian di kamar, namun selalu di jaga sambil memperhatikan hamster Anda yang sedang berlari-larian di kamar Anda.

18. Gangguan Pernafasan Hamster (Respiratory Problems) Gejala dari hamster yang menderita gangguan pernafasan adalah: terengah-engah, dan pernapasan hamster terlihat pelan dan kadang menimbulkan bunyi pada saat hamster bernafas. Dan juga hamster akan terlihat terengah-engah karena keletihan walau hanya olahraga atau bermain jogging wheel yang hanya beberapa menit. Sebisa mungkin segala aktifitas olahraga harus di kurangi jadi sangat membantu bila mengambil tingkatan kandang sehingga kandang hanya satu level dan ambil jogging wheel dari dalam kandang. Juga ganti bedding yang berdebu seperti serutan kayu dangan mengganti bedding dengan bedding kertas atau tissue. Jika terjadi infeksi pernapasan yang berkelanjutan, berikan antibiotik yang di anjurkan oleh vet atau doktor haiwan. Antibiotik


IMAGINATION TECH 16 HAMSTER

untuk membantu pernafasan hamster adalah Carbo Veg. atau Arsenicum Album yang digunakan sebagai ubat paru-paru. 19. Penyakit Kulit Hamster (Skin Problems) Hamster yang terkena penyakit kulit di bagian tangan. Penyebabnya adalah dari bedding atau dari perubahan pemberian makanan atau dari gaya hidup sifat hamster itu sendiri. Jika penyebabnya adalah bedding, ganti bedding segera dengan tissue, karena tissue roll toilet terbukti aman sebagai bedding hamster. Jika tidak ada perubahan setelah mengganti dengan bedding tissue, cuba perhatikan makanan hamster, apakan penyebabnya oleh karena pemberian makanan yang menyebabkan masalah pada kulit hamster. Perlu diperhatikan bila masalah penyakit hamster disebabkan oleh suhu yang tinggi atau agak panas. Suhu ruangan untuk hamster adalah 65â °F/18â °C dan 80â °F/26â °C. Anda juga bisa tidak menggunakan bedding jadi hanya alas jeruji namun pijakan kaki hamster jadi tidak nyaman sehingga kaki hamster kadang-kadang masuk di selah-selah jeruji atau bahkan yang bahaya kaki hamster tersangkut dan susah untuk dilepas, oleh karena itu letakan Magic alas diatas sangkar. Berikan tisu untuk hamster membuat sarang atau nesting. Hamster yang mempunyai masalah dengan kulit harus segera di rawat atau di atasi supaya masalah di kulit tidak semakin parah. Jadi monitor selalu apa penyebab yang membuat kulit hamster bermasalah.

20. Hamster Bengkak Bernanah (Abscesses) Hamster yang mempunyai bentolan bernanah disebabkan oleh infeksi bakteri yang berkembang di dalam tubuh hamster akibat luka. Luka yang dikarenakan oleh perkelahian atau hamster yang jatuh dari kandang dan tergores. Gejala hamster yang menderita bentolan bernanah adalah pembengkakan yang semakin besar dan apabila pecah akan mengeluarkan cairan nanah yang sangat bau. Bentolan yang bernanah pada hamster dapat dikeringkan oleh vet. Setelah bentolan itu dikeringkan, bentolan itu harus sering-sering dibersihkan setidaknya dua kali sehari dengan antiseptik seperti Tamodine (Vetark Professional). Perawatan ini harus sering dilakukan guna memastikan bentolan bernanah itu tidak datang lagi. 21. Mata Hamster Lengket (Sticky Eyes) Penyebab hamster menderita mata yang lengket disebabkan oleh kelebihan air mata sehingga menjadi kotoran yang melengket di sekitar mata. Kotoran mata yang berlebihan akan membuat kelopak mata hamster menjadi lengket dan susah untuk di buka. Biasanya mata hamster akan terlihat merah. Penyebabnya adalah hamster alergi terhadap sesuatu benda, dari banyak kasus penyebabnya adalah bedding. Debu bedding atau potongan bedding yang sangat kecil masuk ke dalam kelopak mata hamster. Hamster akan menggaruk matanya sehingga kondisi mata menjadi sangat parah.


IMAGINATION TECH 17 HAMSTER

Perawatan untuk hamster yang terkena sakit mata yang lengket adalah sering-sering mata hamster di lap dengan menggunakan kain bersih yang sudah di celup di air yang hangat. Jika memungkinkan, ganti bedding dengan bedding kertas atau tissue. Gunakan saja tissue roll toilet yang murah dan tidak berbau parfum. Hindari penyegar udara, cairan pembersih karpet dan asap rokok di sekitar kandang hamster, karena itu semua akan membuat mata hamster menjadi tambah alergi dan tidak nyaman. Teteskan cairan Euphrasia di dalam air yang sudah direbus dan juga tetesan pereda sakit seperti Pulsatilla ke dalam botol minum hamster untuk meredakan mata hamster yang lengket. 22. Hamster Glaukoma (Glaucoma) Salah satu penyakit yang menimpa hamster adalah glaukoma. Glaukoma berpengaruh pada mata hamster yaitu mata hamster akan menjadi besar. Bila hamster menderita glaukoma, di mata hamster akan terdapat kelebihan cairan sehingga hamster akan kehilangan penglihatannya. Kesannya hamster akan menggaru matanya sehingga mata menjadi besar keluar dari rongganya. Hamster yang terkena glaukoma dapat disebabkan oleh tangan yang kotor pada semasa memegang hamster, berkelahi atau dapat juga disebabkan karena memegang hamster terlalu kuat pada saat mengangkat hamster di bagian tengkuk atau atas leher. Hamster memang mempunyai bola mata yang besar untuk dapat mengenali predator namun bila hamster terkena glaukoma bola mata hamster menjadi rusak. Namun di sayangkan tidak ada perawatan yang spesifik untuk hamster yang menderita glaukoma, jadi membawa hamster yang terkena glaukoma ke vet atau dokter hewan sangat membantu hamster yang menderita glaukoma, karena vet akan memberikan obat pereda rasa sakit karena glaukoma biasanya menimbulkan rasa sakit di sekitar bola mata. Glaukoma memang akan merusak pandangan hamster, tapi karena memang pandangan hamster juga buruk jadi bagi hamster tidak ada masalah. Berikan tetes mata yang diberikan oleh vet untuk menjaga kelembaban mata hamster. Jangan mengawinkan hamster yang terkena glaukoma karena akan mengakibatkan generasi yang tidak sehat.

23. Gigi Hamster Terlalu Panjang (Overgrown Teeth) Panjang gigi hamster normal adalah 15mm atau bahkan lebih pendek. Gigi hamster terus bertumbuh jadi berikanlah sesuatu untuk di kunyah atau di gigit hamster seperti kayu yang bebas pestisida yang dijual di petshop, biskuit anjing, batu mineral untuk menjaga panjang gigi hamster tetap terkendali. Banyak hamster selalu menggigiti jeruji kandang supaya gigi hamster selalu runcing, tapi apabila hamster tidak mempunyai sesuatu untuk di gigit, gigi hamster akan mulai kepanjangan dan akibatnya gigi hamster akan menusuk mulut atau rahang hamster, sehingga hamster akan mengalami kesulitan untuk makan sehingga hamster akan mati kelaparan. Apabila gigi hamster terus menjadi panjang, bawalah hamster Anda ke vet. Vet itu akan menunjukan cara bagaimana mengasah gigi


IMAGINATION TECH 18 HAMSTER

hamster bila gigi hamster menjadi kepanjangan lagi. Gigi hamster dapat dipotong dengan menggunakan gunting kuku tapi harus hati-hati jangan sampai lidah atau pipi hamster terluka, tergores akibat gunting kuku. Cara memotong gigi hamster adalah dengan cara memegang di bagian tengkuk hamster sambil perlahan membuka mulut hamster seperti memaksa hamster untuk ‘tersenyum’ dan pastikan hamster tidak bergerak. Letakkan gunting kuku di sekitar gigi hamster yang akan di potong. Pastikan ujung gunting kuku yang bagian tajamnya berada di sekitar gigi yang akan di potong, lalu tekanlah gunting kuku secara pasti dan potonglah gigi tidak lebih dari 1 milimeter. Kenapa gigi hamster dapat patah? Gigi hamster dapat mudah patah apabila makanan hamster yang sering diberikan rendah kalsium. Biskuit anjing (Dog Biscuit) adalah sumber kalsium yang baik untuk di konsumsi hamster. Memberikan hamster hanya dengan biji Bunga Matahari tidak akan memberikan gizi kalsium yang baik untuk hamster. Oleh karena itu, berikan hamster makanan yang baik dengan campuran gizi yang seimbang itu sangat penting. Apa yang terjadi bila salah satu gigi hamster patah atau copot? Jika ini terjadi, yang artinya bila gigi bawah yang copot berarti gigi atas akan mulai tumbuh berlebihan atau dengan kata lain kepanjangan, begitu pula sebaliknya. Jika dibiarkan ini akan berakibat komplikasi. Biasanya gigi hamster yang rapuh, mudah patah atau copot dikarenakan faktor usia hamster yang sudah tua. Jika gigi hamster patah atau copot, gejalanya hamster akan berhenti makan karena hamster akan kesulitan untuk mengkonsumsi makanan. Jika kasus ini menimpa hamster Anda, berikan hamster makanan yang lembut seperti roti tawar yang sudah di celup di dalam susu, telur acak tanpa minyak dan garam atau telur rebus. Bisa juga makanan hamster yang sudah di rendam di dalam air sehingga menjadi lembut dan lembik sehingga memudahkan hamster untuk mengunyah.

24. Kuku Hamster Terlalu Panjang (Overgrown Nails) Jangan memotong kuku hamster sampai pendek. Potong kuku hamster hanya apabila kuku hamster sudah mulai melingkar atau menekuk ke dalam. Anda dapat membeli pemotong kuku untuk haiwan kecil atau pemotong kuku untuk anak kucing dan anjing di petshop atau Anda boleh membawanya ke vetenarian untuk dilakukan operasi kecil untuk memotong kuku hamster yang sudah menekuk ke dalam. Pemotong kuku spesial untuk hewan kecil ini memiliki ujung yang sangat aman untuk memotong kuku hamster sehingga kuku hamster dapat dipotong dengan baik.


IMAGINATION TECH 19 HAMSTER

Cara memotong kuku hamster: Pegang hamster Anda dengan sangat lembut namun kuat. Tenangkan hamster Anda terlebih dahulu, dan jangan pernah mulai untuk memotong kuku hamster Anda sebelum hamster tenang. Pelan-pelan pegang jari hamster dan dorong sedikit keluar sehingga kuku hamster yang kepanjangan terlihat jelas. Lihat di bagian yang agak hitam. Bagian ini adalah daging dibawah kuku dan jangan sampai Anda memtong daging yang dibawah kuku tersebut. Letakan pemotong kuku hamster di depan bagian daging di bawah kuku lalu mulai memotong kuku hamster satu persatu. Jika Anda tidak sengaja memotong daging yang di bawah kuku maka kuku itu akan mulai berdarah. Jika terjadi pendarahan, yang berarti darah terus keluar dari dalam kuku hamster, Anda dapat mengusapkan Styptic Pencil yang dijual di kedai untuk mencukur janggut atau kumis. Gunanya Styptic Pencil adalah untuk menahan darah yang keluar. 25. Kanser atau Tumor Hamster (Tumors) Hamster dapat menderita benjolan yang semakin hari semakin besar dan sangat dianjurkan untuk segera menemui vet bila Anda boleh melihat tanda benjolan di sekitar badan hamster supaya benjolan itu bisa diatasi lebih dini sehingga tidak menjadi parah. Biasanya resiko hamster terkena kanker tumor adalah pada saat umur hamster sudah beranjak tua. Hamster yang terkena kanker dan tumor biasanya dapat diberikan perawatan intensif. Tumor yang biasanya sudah diangkat dapat datang kembali. Operasi kecil yang dilakukan vet kadang tidak berjalan dengan baik karena ukuran badan hamster yang kecil dan antibiotik kadang membahayakan hamster. Memang sangat disesalkan bahwa kanker dan tumor biasanya diakibatkan oleh inbreeding, yang adalah hasil pembiakan hamster dengan satu darah seperti kakak dan adik, ibu dan anak, ayah dan anak yaitu hamster yang berasal dari satu darah atau saudara selahiran yang dikawinkan. Hamster yang menderita tumor dapat hidup seperti biasanya namun hindari benda tajam atau benda-benda yang mempunyai sudut yang tajam. Semua benda-benda itu harus diambil dari dalam kandang karena benda-benda yang mempunyai ujung yang tajam dapat menyebabkan tumor pecah. Namun bila tumor itu pecah, olesi segera dengan minyak sayur seperti minyak Zaitun. 26. Kista Hamster (Cysts) Kista adalah benjolan yang berisi cairan. Kadang benjolan itu berisi udara atau cairan yang agak mengeras. Kista dapat menjadi besar dan biasanya kista timbul di dekat mulut bawah yaitu leher, dengan demikian hamster akan kesulitan untuk menelan bila kista semakin besar dan akibatnya hamster tidak bisa mengkonsumsi makanan. Pengobatan pada kista hamster dapat dilakukan oleh vetenarian. Pengobatan tersebut dilakukan dengan cara mengosongkan benjolan yang berisi cairan tersebut yang walaupun


IMAGINATION TECH 20 HAMSTER

nantinya akan muncul kembali. Jika kista tersebut pecah, Anda dapat mengolesi dengan minyak Zaitun seperti prosedur pengobatan pada tumor yang pecah.

27. Hamster Kekurangan Protein (Protein Deficiency) Hamster yang kekurangan protein pada pola makanannya akan ada efeknya pada kesehatan hamster. Salah satu dampak hamster yang kekurangan protein adalah kuku hamster yang tidak kuat, kuku yang rusak atau patah, bulu yang rontok, pneumonia (radang paru-paru), tidak subur dalam hal pembiakan, serta pertumbuhan yang bermasalah terutama untuk anak-anak hamster atau hamster muda. Jadi berikan makanan hamster yang berprotein sangat bagus untuk kesehatan hamster. Protein dapat ditemukan di biji-bijian seperti kacang kedelai, keju, telur rebus, daging ayam dan sapi yang di kukus atau di rebus. 28. Kutu cuping hamster (Ear Mites) Kutu yang bersarang di telinga hamster disebut Notoedres. Kutu ini bersarang dan hidup disekitar telinga hamster namun boleh tersebar ke sekitar wajah dan kaki hamster. Kutu hamster yang bersarang di cuping, berkembang dan hidup disekitar telinga sehingga telinga hamster menjadi jangkitan dan hamster menjadi sangat alergi dan selalu menggaruk telinganya. Kulit hamster yang terinfeksi kutu kuping ini akan menjadi tebal dan keras serta berwarna hitam. Hamster akhirnya menjadi sangat terinfeksi di sekitar kepala karena kutu-kutu itu terus berkembang. Langkah pertama untuk menanggulanginya adalah dengan mencuci bersih kandang dengan disinfektan. Gunakan bedding dari tisu seperti tisu (toilet roll) atau bedding kertas. Perawatan untuk hamster yang terkena Kutu Kuping adalah dengan cara disuntik dengan ubat Ivermectin oleh veterinarian (dokter hewan khusus hewan kecil) atau bisa juga dengan cara oral. Pemberian Ivermectin setiap seminggu sekali selama beberapa minggu sampai ada tanda hamster sembuh dari jangkitan Kutu Kuping. Obat krim dapat diberikan untuk mengurangi rasa gatal. Kandang hamster harus sering di cuci untuk mencegah datangnya Kutu Kuping kembali. Untuk kulit yang sudah menjadi buruk dan mengeras boleh dosapukan minyak Zaitun, Lavendar, Rosemary, daun teh dan minyak bawang putih atau Garlic Oil. Karena di Indonesia jarang orang mengenal Lavendar dan Rosemar. 29. Hamster Stroke (Strokes) Ketika hamster mengalami stroke, kadang hamster akan mengalami kepala yang miring dan selanjutnya hamster akan mulai berlari dengan berputar-putar. Stroke terjadi pada saat malam hari jadi gejala awal hamster terkena stroke bisa terlihat pada pagi harinya


IMAGINATION TECH 21 HAMSTER

dimana hamter terlihat sangat tidak seimbang dan kepala hamster akan miring sebelah. Biasa stroke terjadi apabila umur hamster sudah sangat tua. Alasan lain mengapa hamster terkena stroke adalah mungkin disebabkan oleh suhu yang panas. Jadi sangat penting untuk meletakan kandang hamster di suhu ruangan antara 65⁰F/18⁰C dan 80⁰F/26⁰C. Hamster yang menderita stroke dapat hidup lebih lama dan normal walaupun dengan kondisi kepala yang miring. Hamster yang mengalami kepala miring sebelah boleh juga disebabkan telinga hamster bahagian dalam mengalami jangkitan, dan kadangkala juga jangkitan di bahagian pernafasan. Hamster yang terlena penyakit ini, menunjukkan tanda-tanda kepala yang miring sebelah akan kehilangan keseimbangannya. Dan apabila hamster berjalan dia akan berjalan berputar. Bakteria biasanya adalah penyebabnya dan dapat diubati dengan antibiotik dari vet. Dan tumor di otak juga penyebab lain dari hamter yang sering berlari berputar. Gejala lain dari stroke adalah ketika hamster yang sedang biasa beraktivitas tiba-tiba akan ‘terdiam’ tidak bergerak selama beberapa minit seperti di hipnotis. Dan hamster yang terkena stroke perlu dibantu untuk makan dan minum, karena hamster yang terkena stroke kesukaran untuk makan. Berikan hamster yang terkena stroke kehidupan yang nyaman dan bersih sehingga hamster dapat hidup normal. Kesabaran merupakan faktor yang sangat penting bila hamster Anda terkena stroke.


Tempat tinggal hamster

IMAGINATION TECH 22 HAMSTER


IMAGINATION TECH 23 HAMSTER

Tips memilih tempat tinggal untuk hamster

tahu kah anda tempat tinggal untuk hamster ada pelbagai jenis? ada jenis sangkar, aquarium kaca dan aquarium plastik. saya sendiri menggunakan dua jenis iaitu sangkar dan aquarium kaca untuk 5 ekor roborovski saya. jadi tempat tinggal yang mana yang patut anda pilih untuk hamster anda? yang manakah yang terbaik? Jenis Aquarium kaca kelebihan (+ve) :

hamster dibela dalam aquarium

• • • • •

senang memerhatikan hamster kerana jernih. lebih mudah untuk tangkap gambar hamster. lebih kebebasan untuk menghias/menyusun tempat tinggal untuk hamster. bedding/serbuk kayu tidak akan tumpah merata-rata. senang masukan tangan kedalam tempat tinggal hamster. lebih mudah untuk membersihkan, menambah makanan atau bermain dengan hamster anda mudah untuk dibersihkan dan dicuci

kelemahan (-ve) : •

tidak sesuai untuk kanak-kanak kerana ianya berat dan sukar untuk dialihkan


IMAGINATION TECH 24 HAMSTER

• • •

berisiko pecah jika jatuh pengudaraan yang kurang baik kos lebih tinggi dari sangkar. peralatan harus dibeli berasingan. peralatan yang sesuai juga sukar dijumpai di kedai haiwan peliharan di Malaysia kerana lebih ramai yang gunakan sangkar. Aquarium/bekas plastik kelebihan (+ve) :

ini bekas yang kecil. saya hanya gunakan untuk sementara sahaja

• •

mempunyai kelebihan yang sama seperti aquarium kaca kecuali bekas plastik kurang jernih berbanding bekas kaca. lebih ringan dari aquarium kaca dan tidak pecah jika jatuh. lebih mudah dipindahkan

Kekurangan (-ve) : • •

pengudaraan yang kurang baik kurang sesuai untuk menangkap gambar hamster. bekas plastik mungkin akan calar ketika bekas dibasuh menyebabkan gambar tidak jelas.

Tips memilih tempat tinggal (housing) untuk hamster-Part 2 Tempat tinggal/housing jenis sangkar. sangkar hamster ni paling mudah didapati di kedaikedai haiwan peliharaan. mesti ramai yang guna sangkar hamster ni kan tak kira lah bela hamster jenis apa pun. setiap jenis housing ada kelemahan dan kelebihan


IMAGINATION TECH 25 HAMSTER

Jenis sangkar kelebihan (+ve) • • •

• • •

pengudaraan yang lebih baik lebih murah. di kedai haiwan peliharaan sangkar hamster akan dijual 1set lengkap. sangkar biasa yang mempunyai aksesori asas adalah murah hamster lebih banyak pilihan untuk bermain. biasanya sangkar hamster dijual mempunyai rumah, tangga ataupun tiub. paling tidak pun hamster akan bermain dengan memanjat disekeliling sangkar. lebih ringan. mudah dipindahkan. kelihatan lebih kemas berbanding bekas aquarium kaca/plastik. lebih mudah memasang aksesori seperti roda, botol air, rumah.

kekurangan (-ve) • • • •

hamster suka mengigit sangkar. lama kelamaan sangkar kan menjadi karat. anak hamster mungkin boleh melepaskan diri melalui ruang-ruang sangkar. terutamanya anak hamster roborovski kerana hamster jenis ini bersaiz kecil. bedding mudah terkeluar dan berterabur. sesetengah harga sangkar hamster adalah mahal. terutamanya yang separuh plastik separuh sangkar. biasanya sangkar ini mempunyai tiub-tiub yang menarik. ada juga bertingkat-tingkat. aksesori cepat kotor dan perlu dicuci selalu. ini kerana hamster gemar membuang najis di aksesori seperti roda hamster, tangga, rumah dan tiub. tidak memcuci aksesori akan menyebabkan hamster anda menjadi kotor. lebih sukar untuk mengambil gambar hamster kerana pintu sangkar adalah kecil. jika anda ingin mengambil gambar hamster anda tidur, anda mungkin akan terbangunkan hamster anda ketika membuka pintu. lebih sukar memberi makan dengan tangan (hand feeding) kepada hamster anda.


IMAGINATION TECH 26 HAMSTER

sangkar hamster

sangkar hamster


IMAGINATION TECH 27 HAMSTER

Sangkar hamster yang mahal. bertingkat dan mempunyai tiub

Cara-cara membersihkan kandang hamster. Kandang hamster yang kotor menyebabkan banyak masalah kesihatan pada hamster mahupun pemiliknya kerana kehadiran binatang parasit @ persekitaran menjadi bau busuk. Habuk kayu (Beeding) haruslah diganti 3-7 hari sekali atau apabila terdapatnya bau kandang yang kurang menyenangkan & lembab disebabkan kencing hamster. 1. Bersihkan tangan anda dahulu. Kemudian pindahkan dahulu hamster ke sangkar yang lain. Ini kerana hamster haiwan sensitif & mudah dijangkiti penyakit. 2. Buangkan habuk kayu (Beeding) tersebut. 3. Bersihkan sangkar, roda mainan, rumah, bekas & minum dengan menggunakan air yang bersih & letakkan ubat anti bakteria/kuman. Contoh : Dettol. *Sila pastikan sabun yang digunakan tidak terlalu kuat baunya kerana ini boleh mengakibatkan hamster anda akan mengalami gangguan pernafasan. 4. Lapkan sehingga benar-benar kering. 5. Isikan habuk kayu (Beeding). Tetapi jangan terlalu banyak sehingga boleh menyebabkan gangguan pada pengelihatan & pernafasan hamster. Kerana habuk kayu itu mungkin akan masuk ke mata @ hidung hamster. 6. Masukkan hamster semula ke sangkarnya. Tetapi harus diingat pastikan tangan anda bersih ketika memegang hamster.


IMAGINATION TECH 28 HAMSTER

7. Jangan bersihkan kandang hamster yang baru melahirkan bayinya . Kerana bimbang akan menganggu ibu hamster. Seelok-eloknya tunggulah sehingga bayi hamster berumur 14 hari (2 minggu).


Cara membiakkan hamster

IMAGINATION TECH 29 HAMSTER


IMAGINATION TECH 30 HAMSTER

Niat murni anda untuk menyatukan hamster jantan dan betina gagal kerana mereka bergaduh? Urm.... Satu fakta yang harus anda tahu, hamster sangat peka dengan bau yang berbeza dengan dirinya. Kalau anda perasan, setiap kali anda panggil hamster anda pasti dia akan mengeluarkan muncung uncung dan hidungnya dahulu untuk menghidu 'bau' anda. Jika bau yang bermain dengan dia, beri makan pada dia, sama, maka dia akan kenalpasti bahawa anda adalah tuannya! Soal hamster jantan dan betina ini pun hampir serupa. Cara membezakan jantina hamster.

Cara terbaik untuk menyatukan mereka ialah: Spesis - Pastikan spesies sama. Ini sangat mustahak. Janganlah memandai memandai-mandai mandai ingin kacukkan mereka kerana anda hanya akan mengakhiri hayat salah seekor hamster kesayangan anda. (Terutama kalau roborovski digandingkan dengan Syrian, habislah....) Usia - Hamster yang masih kategori budak (baru lahir lahir- 2 bulan) masih mahu bermain,berkawan, bergaduh. Mereka belum sampai ke tahap untuk 'disatukan'. Selalunya, hamster jantan akan mula mengejar hamster betina apa apabila bila usia mereka dalam 2 bulan keatas. Disaat ini, hamster betina akan buat mengada mengada-ngada ngada apabila dikejar hamster jantan. (Macam filem bollywood lak!) Bau - Hamster sangat peka dengan bau! Kalau sebelum ini hamster jantan anda tinggal sendiri, tiba-tiba anda da masukkan hamster betina ke dalam 'istana'nya, maka akan berlakulah pergaduhan yang besar diantara hamster jantan anda dan hamster betina tersebut kerana hamster akan mudah rasa terancam. Jadi, macam mana nak satukan mereka? Ikuti langkah berikut:


IMAGINATION TECH 31 HAMSTER

1.Sediakan satu bekas bersih dan isi sedikit air, anggaran air tersebut paras kakihamster anda. (Bukan paras kaki anda !) 2. Ambil hamster jantan dan betina, masukkan ke dalam bekas tersebut. Pastikanbekas tersebut tinggi supaya hamster-hamster tersebut tidak keluar daripada bekas.Maklumlah, hamster ini tidak suka mandi dengan air. Mereka lebih suka menggolekkan badan mereka pada pasir wangi. (serbuk pasir berperfume). 3.Basahkan hamster anda dengan mengambil air dan dijirus kebadan hamster anda. Guna tangan sahaja. Tidak perlu guna gayung. (Matilah hamster tu kelemasan kalau guna gayung!) 4.Disaat ini, bau masing-masing akan hilang dan mereka akan mempunyai bau yang sama. 5.Selesai operasi membersihkan mereka, anda bolehlah lap mereka dengan kainkering. Pastikan bedding sangkar telah ditukar dengan bedding baru sebelum anda masukkan semula hamster-hamster tersebut ke dalam snagkar tersebut. 6.Masukkan hamster jantan dan betina ke dalam sangkar dan biarkan mereka saling kejar-mengejar. Ingat...!!! Proses mengawan bagi hamster mesti dilakukan untuk 2-4 hari sahaja, kemudian pisahkan semula, jangan dibiarkan terlalu lama. Ini mengakibatkan mereka akan bergaduh sehingga menyebabkan kematian diantara salah satunya. Bagi mendapatkan potensi yang tinggi untuk hamster betina itu mengandung. Lakukan selang 1 minggu. Seandainya cara ini tidak berjaya dan anda mendapati mereka sering berkelahi sehingga ada yang terluka. Tukarlah pasangan hamster kepada yang lain kerana mungkin si jantan/betina kurang tertarik dengan pasangan sebelumnya. (Mereka pun macam kita juga, ada pilihan masing-masing. Tidak boleh dipaksa-paksa.. :-) )


IMAGINATION TECH 32 HAMSTER

INBREEDING HAMSTER

Inbreeding adalah perkawinan sedarah seperti ibu dan anak, ayah dan anak, kakak dan adik, saudara sepupu dan lain-lain. Ini perlu dielakkan kerana khuatir akan mehasilkan keturunan yang cacat @ mengakibatkan kematian akibat dari genetik yang sama.


Hamster hamil & melahirkan

IMAGINATION TECH 33 HAMSTER


IMAGINATION TECH 34 HAMSTER

Melahirkan anak Antara tanda tanda hamster bakal melahirkan anak adalah perut yang membesar serta tahap keaktifannya yang meningkat. Ia juga akan kelihatan mundar mandir di dalam sangkar seolah olah mahu keluar. Setelah kelahiran anak (setiap kelahiran mungkin melibatkan satu, dua atau beberapa ekor anak), pisahkan hamster jantan (bapa) dan biarkan si ibu bersama sama anak anaknya sehingga mereka sudah boleh berdikari tanpa bantuan daripada si ibu. Ciri2 hamster hamil : * Makan dan minum akan meningkat lebih banyak dari biasanya . * Puting susu akan terlihat jelas, biasanya 1-2 1 hari sebelum melahirkan . * Jika di pegang perutnya terasa ada benjolan . * Bentuk fizikal terutamanya pada bahagian perut hamster tersebut tersebut kelihatan seperti buah pear. * Jadi lebih agresif dan sering menyerang pejantan . * Masa hamil 18 hari . Tips untuk menjaga ibu hamster yang sedang bunting : * Hamster jantannya dipisah dari hamster betina sebelum hamster betina melahirkan . * Keluarkan n kesemua alat mainan cth: roda mainan . Kerana khuatir ibu hamster akan mengalami keguguran akibat terjatuh dari permainan tersebut . * Sebaik-baiknya baiknya untuk makanan ibu hamster berilah putih telur yang telah direbus. (kerana telur rebus mengandungi protein n yang tinggi & baik untuk rahim ibu hamster) hamster).

Hamster Syrian yang bunting.


IMAGINATION TECH 35 HAMSTER

Anak hamster.

Baby Hamster Roborovski

Hamster sedang menyusukan anak.


IMAGINATION TECH 36 HAMSTER

Umur anak roborovski hampir seminggu.

Babies – day 1 (Hari Pertama) 2 hari berikutnya, bayi hamster mulai menunjukkan tanda-tanda tanda tanda pigmentasi pada kulit yang hanya terjadi pada bayi hamster yang akan memiliki warna coat yang gelap. Babies – day 5 (Hari Kelima) Hari ke5-7, 7, bulu hamster akan tumbuh sedikit demi sedikit. terjadinya pigmentasi pada kulit. terbentuknya telinga dan mata menghitam dan mulai berkembang. Babies - 8 day (Hari Kelapan) hari 8-9, 9, sang induk mulai memperkenalkan makanan solid ke bayi2nya dengan membawa makanan tersebut ke sarangnya untuk dimakan ana anak2nya. k2nya. sang induk mulai mengurangi aktivitas menyusui. Babies – 10 days (Hari Kesepuluh) pada hari ke 10, bayi hamster akan tertutup bulu pendek secara penuh dan mulai menjelajah kandang untuk mencari makanan keras (biji, pellet dll) walaupun mata mereka masih asih tertutup. pastikan tersedia makanan dan minuman yang cukup untuk induk dan bayi2nya. makanan berprotein dan berserat tinggi sangat baik untuk pertumbuhan bayi2 hamster (c/ potongan wortel, brokoli dan telur rebus). bayi hamster terlahir dengan gigi ya yang sudah tumbuh, makanan seperti pelet juga baik untuk membiasakan giginya menerima makanan yang keras.


IMAGINATION TECH 37 HAMSTER

Beberapa Contoh Makanan Sihat: hat: Epal Pir Pisang Wortel Jagung manis (pemberian dalam jumlah banyak bisa mengakibatkan keguguran bulu) Kentang (harus direbus dulu) Kacang tanah Kacang almond Roti tawar Biskuit Cracker Oatmeal Corn Flakes

Babies – 12 days (Hari Kedua belas) Pada masa ini dirasa aman untuk memegang sebentar bayi hamster tersebut sehingga kita dapat membersihkan kandang secara menyeluruh dimana sebelumnya kita tidak dapat membersihkan selama masa kelahiran bayi hamster. pada umur sekian, bayi hamster membutuhkan makanan berprotein tinggi untuk pertumbuhan jadi memberikan porsi makanan yang sama untuk ibu hamster. buah segar seperti wortel dan apel juga dapat diberikan. pastikan tempat makan dan tempat minum dapat dijangkau oleh bayi hamster!

Cara membersihkan kandang: - pindahkan induk terlebih dahulu, disusul bayi2nya ke kontener sementara. - bersihkan kandang secara menyeluruh - masukkan kembali induknya.. kemudian disusul bayi2nya


IMAGINATION TECH 38 HAMSTER

Babies – 14 days (Hari Keempat belas) Pada usia ini, mata hamster mulai terbuka sepenuhnya. Sampai umur 3 minggu, bayi hamster akan tetap disusui oleh induknya walaupun terkadang mereka tetap menyusu walau susu induknya telah habis. Gigi mereka sudah tumbuh sempurna dan akan makan semua yang diberikan untuk membantu pertumbuhannya. Percaya atau tidak, hamster dapat berkembangbiak pada umur sekecil ini, oleh kerana itu segera pisahkan berdasarkan jenis kelaminnya kedalam kandang yang berbeda. termasuk juga sang induk yang sudah siap untuk bereproduksi kembali. Babies – 3 weeks jika kita memelihara Syrian, kita akan mulai melihat tanda-tanda insting soliter pada 2-3 minggu pertama. Berkelahi juga mulai sering terjadi, maka perhatikan supaya mereka tidak saling gigit / cakar / bunuh atau segera pisahkan ke beda kandang. porsi makan yang berprotein tinggi masih diperlukan pada umur-umur sekian. pada tahap ini, bisa disarankan untuk memisahkan bayi hamster dari induknya untuk membangkitkan percaya diri dan supaya mereka mulai terbiasa dengan manusia (kita). Minggu kelima – keenam Kita mulai berhadapan dengan hamster muda yang siap untuk dipindahkan ke kandang yang tersendiri. Untuk Syrian, sebaiknya kita segera siapkan kandang baru. Remember: one Syrian per cage! siria bisa “dipaksa” hidup berkelompok. Asal dari kecil dibiasakan untuk dicampur. Selain itu kandang harus cukup besar. Karena siria tuh suka jalan2. Jadi usahakan sesedikit mungkin untuk kontak dengan siria lain.

Perkara penting apabila anak hamster lahir 1. Letakkan sangkar hamster di tempat yang sunyi dah gelap. 2. Keluarkan semua alat mainan dari kandang. 2. Jangan pegang anak hamster. Ibu hamster kemungkinan akan makan anak kalau dipegang. Tunggu hingga anak hamster berusia 14-16 hari, baru lah selamat untuk dipegang. 3. Ibu hamster akan makan banyak semasa membesarkan anak. Sediakan makanan yang secukup nya. 4. Jangan terlalu sering melihat ibu hamster yang baru melahirkan.Bimbang dia akan rasa terancam & berkemungkinan dia akan memakan anaknya atau tidak akan menyusukan anaknya. 5. Sebaik-baiknya untuk makanan ibu hamster berilah putih telur yang telah direbus. 6. Jika ibu hamster membuat sarang jangan sentuh atau rosakkan. 7. Jangan basuh sangkar dalam masa 2-3 minggu.


Makanan seimbang untuk hamster

IMAGINATION TECH 39 HAMSTER


IMAGINATION TECH 40 HAMSTER

Makanan dan minuman Makanan yang paling umum dan sesuai diberi kepada hamster adalah bijjian kering proses (selalunya diimport) berserta makanan tambahan lain seperti kuaci, kekacang serta makanan proses yang telah dibungkus. Sekali sekala, anda juga boleh menukar selera dengan memberi diet yang lain seperti epal, lobak merah dan pisang dengan syarat anda membuat pemerhatian jika hamster anda menyukainya atau tidak. Pemberian makanan yang basah juga tidak boleh terlalu kerap kerana ia boleh mengganggu sistem penghadaman hamster. Sesetengah hamster yang bersifat ‘malu’ akan dilihat ‘memakan’ dengan begitu cepat dan berlalu ke tempat persembunyiannya. Sebenarnya, ia tidak makan kesemua makanan tersebut. Sebaliknya, makanan tersebut hanya disimpan di sekitar lehernya buat sementara, dan kemudian dikeluarkan semula di tempat ‘persembunyiannya’. Selepas itu baru makanan tersebut akan dimakan sedikit demi sedikit. Untuk minuman, pastikan botol airnya mencukupi dan jika perlu, tambahkan air (air boleh jadi air kosong atau campuran air dan cecari vitamin yang dibeli di kedai). Diet yang seimbang adalah penting bagi menjaga kesihatan hamster. Diet yang perlu ada untuk hamster terus sihat adalah :1. Protein Sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan terutama sangat penting bagi hamster yang sedang mengandung dan anak-anak hamster. Sumber protein yang baik adalah barleys (semacam gandum yang dipakai untuk bir). kacang-kacangan, jagung. buncis, gandum & kacang polong. 2. Karbohldrat & Lemak Menyediakan energi dan panas tubuh, tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan akan disimpan di tubuh sebagai lemak yang dapat mengakibatkan kegemukan, yang akan menyebabkan masalah untuk perkembangbiakan dan masalah kesehatan. Sumber karbohidrat antara lain : gula. ragi, kentang dan susu. Sumber karbohidrat yang juga merupakan sumber lemak antara lain : barleys (semacam gandum yang dipakai untuk bir). jagung. dan gandum.

3. Vitamin Hanya sedikit vitamin yang dibutuhkan tetapi mereka sangat dibutuhkan agar hamster anda tetap sehat. Kekurangan vitamin dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan. - Vitamin A Sumber : Wortel, dandelions (semacam rumput yg bunga kuning), sayuran hijau & hay. Akibat jika kekurangan: Diare, pertumbuhan yang lambat. - Vitamin B Sumber: Bakteri, gandum, lagi, daging & hati. Akibat jika kekurangan: Diare, pertumbuhan yang lambat. Vitamin B berpengaruh ke system syaraf & pemberian secara teratur dapat mengubati


IMAGINATION TECH 41 HAMSTER

stress secara efektif. Salah satu penyebab utama banyak penyakit, terutama wet tail. - Vitamin C Sumber: Sayuran & buah-buahan segar. Akibat jika kekurangan: Penyakit kulit (kudis) & tubuh yang membengkak. -Vitamin D Sumber: Minyak ikan, bakteri gandum & sayuran hijau. Akibat jika kekurangan: Rakhitis. -Vitamin E Sumber: Bakteri, gandum & sayuran hijau. Akibat jika kekurangan: Bulu menjadi kusan & sistem reproduksi yang buruk. 4. Mineral Mineral juga hanya dibenarkan dengan jumlah yang sedikit. Sumber mineral antara lain: Susu, sayuran & biji padi. 5. Air Bersih + Cecair Vitamin (boleh didapati dikedai-kedai pet/vet). Diet Yang Sihat = Hamster Yang Sihat Hamster akan memakan apa saja yang diberikan kepada mereka. Dan mereka akan tetap memilih gaya hidup. naluri. metabolisme dan nutrisi sama dengan kehidupan liar mereka. Kerana hamster liar tinggal di daerah padang pasir, maka rantai pemakanan mereka (di alam) terdiri dari biji padi yang boleh didapati di tanah lapang terdekat, sayuran tersedia di kebun/sawah padi, serangga & rumput liar. Hamster yang dipelihara juga akan cergas & sihat jika mendapat diet yang sama dengan habitat liar mereka. Ketika semua kebutuhan dasar nutrisi telah disediakan setiap hari, hamster akan memilih biji-bijian mana saja yang dia butuhkan untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Jika anda perhatikan maka anda akan menyadari kalau sisa biji-bi|ian yang terdapat di wadah makan sedap harinya akan berubah-ubah (hal ini akan teilihat lebih jelas pada hamster betina yang sedang mengandung atau menyusui). Hamster menyukai treat (makanan selingan) secara berkala seperti hewan kebanyakan tetapi treat yang diberikan harus dipilih. Pilih treat yang menyediakan nutrisi tambahan bagi keseimbangan diet mereka seperti sayuran dan buah-buahan segar.


IMAGINATION TECH 42 HAMSTER

Snek Hamster


IMAGINATION TECH 43 HAMSTER

Kuaci Peringatan!!! Kuaci hendaklah diberi dalam kuantiti yang sedikit sahaja kerana kuaci mengandungi lemak yang tinggi.

Kacang Tanah

Makanan akanan ini boleh didapatkan di kedai haiwan peliharaan


IMAGINATION TECH 44 HAMSTER

Cecair Vitamin untuk hamster Jadual makan hamster : Berilah makan setiap hari 2 kali sehari siang & malam. 1 Camca teh untuk 1 ekor hamster sudah memadai. Untuk ibu hamster yang menyusukan anak pula berilah kuantiti yang banyak sedikit & jangan berinya makan terlalu kerap kerana boleh menganggu ibu hamster tersebut. Putih telur rebus dipotong kecil untuk diberikan pada ibu hamster.

Antaran makanan yang sesuai untuk hamster adalah : Snek hamster (Berwarna hijau dijual dikedai-kedai pets/vet) Barley

Epal Lobak Barakoli Buah Pir Pisang Wortel Jagung manis (pemberian dalam jumlah banyak bisa mengakibatkan keguguran bulu) Kentang (harus direbus dulu) Kacang tanah Kacang hijau Kacang almond


IMAGINATION TECH 45 HAMSTER

Roti kering Biskuit Cracker Gandum (Oat) Corn Flakes Pallet arnab juga dibolehkan Kuaci (meskipun kuaci adalah makanan kegemaran hamster, tetapi pemberian kuaci hendaklah sekali-sekala sahaja, kerana kuaci mengandungi lemak yang tinggi yang boleh memudaratkan kesihatan hamster) Air bersih Cecair Vitamin (ini boleh didapati di kedai pets/vet)


Tips kesihatan & kebersihan hamster

IMAGINATION TECH 46 HAMSTER


IMAGINATION TECH 47 HAMSTER

Ciri-Ciri Hamster Sihat Jika Anda membeli hewan tentu Anda berharap mendapatkan haiwan yang sehat sehingga tidak cepat mati bukan? Berikut adalah tanda-tanda umum yang terlihat dari luar untuk hamster sehat : Lincah, Segar dan "Matanya Bersinar" • Mungkin ini ciri-ciri paling umum untuk mendeskripsikan "sihat" pada makhluk hidup. Tapi perlu diingat bahwa hamster adalah binatang nocturnal (binatang malam), ini artinya hamster baru terlihat lincah dan segar pada malam hari. • Jika Anda membeli hamster, usahakan pada waktu siang atau malam hari dimana hamster terlihat lincahnya. Pada waktu siang hari memang hamster terlihat selalu tidur dan malas kerana memang siang hari adalah waktu istirehat bagi hamster tersebut. Hal ini bukan bererti si hamster sakit tapi kerana mengantuk. • Tapi walaupun begitu hati-hati terhadap hamster yang flu. Hamster dapat terserang flu dan flu pada hewan biasanya bisa mendatangkan kematian. Hamster yang terkena flu biasanya terlihat selalu mengantuk, tidur terus-menerus dan lemah. Tapi jika Anda membangunkan hamster tersebut, Anda boleh melihat kalau hamster itu biasa hidungnya lebih basah dan sering bersin. Jika tanda-tanda ini tidak ada, hamster hanya mengantuk bukan sakit.

Kotoran Kering dan Baunya Tidak Busuk • Teliti kandang/akuarium tempat hamster dipelihara dan perhatikan kotoran yang ditinggalkan di salah satu sudut kandang. Hamster yang sehat memiliki kotoran yang kering dan berbentuk oval memanjang dengan warna coklat kehitaman. • Jika Anda berada pada jarak yang cukup dekat dengan kandang sekalipun seharusnya Anda tidak mencium bau kotoran atau bau kencing yang sangat busuk. Ini sama seperti manusia. Jika Anda sedang sihat dan tidak memiliki gangguan pencernaan, pasti kotoran Anda juga tidak bau busuk. Berbeda ketika Anda sedang sakit tentunya, apalagi jika sedang terkena diare. Ini juga berlaku pada hamster.


IMAGINATION TECH 48 HAMSTER

Bulu Tebal dan Tidak Ada Benjolan • Hamster yang sehat pasti memiliki bulu yang tebal, tidak pitak dan tidak rontok. Anda juga harus memegang hamster tersebut untuk memeriksa apakah ada benjolan di tubuhnya atau tidak. Banyak hamster yang terkena tumor akibat salah penanganan, jadi pastikan hamster yang Anda beli tidak memiliki tumor. Tumor ini biasa berbentuk benjolan yang tumbuh di bagian-bahagian tubuh hamster seperti di bahagian pinggang atau perut .


PENUTUP

IMAGINATION TECH 49 HAMSTER


IMAGINATION TECH 50 HAMSTER

PENUTUP Alhamdulillah, akhirnya saya dapat bukukan mengenai HAMSTER. "BUKU DUNIA HAMSTER" ini ditulis berdasarkan pengalaman saya sendiri sebagai penternak hamster. Ada juga isi kandungan dalam buku ini diambil dari sumber-sumber dari Internet, kemudian dihimpun dan dilengkapkan. Hamster merupakan haiwan yang comel dan ceria. Tetapi juga sensitif kepada keadaan persekitaran contohnya kebersihan tempat tinggal, kelembapan tempat tinggal, makanan & air. Kesihatan hamster perlu dititik beratkan & perlu diberi perhatian, kerana hamster mudah terkena penyakit. Banyak yang saya belajar tentang habitat hamster. Hamster yang mudah dijinakkan adalah hamster jenis Syirian. Ini dari pengalaman saya sendiri. Kandang hamster pula perlu kerap dibersihkan & begitu juga makanan & air minum hamster. Kebersihan hamster itu sendiri. Bukan mudah untuk memelihara haiwan cilik, lincah,comel & ceria ini. Perlu diberi perhatian yang sewajarnya. Semoga buku ini sedikit sebanyak dapat membantu pencinta-pencinta hamster yang baru hendak memelihara hamster. Dari belajar mengenal hamster sehinggalah membiakkan hamster. Akhir kata dari saya, semoga kita dapat mengenal lebih dekat lagi tentang habitat hamster ini. Saya amat bersyukur kerana buku ini akhirnya siap sepenuhnya setelah beberapa lama mengkaji habitat hamster ini. Inilah buku tentang "DUNIA HAMSTER.

Wa'salam.

Ikhlas dari, Faizal Imaginasi. LAMAN WEB : www.imagination.esy.es E-MEL : faizal.imagination@gmail.com FACEBOOK : Faizal Imaginasi


Dunia hamster ver 1 0