Issuu on Google+

LATEST PROJECTS

visual for live event VISUAL MAPPING HOLOGRAPHIX DANCER AUDIO VISUAL PERFORMANCE DANCE VISUAL MAPPING AUGMENTED REALITY


2010

Drama Arena

Pondok

pesantren Gontor

persiapan dan Produksi Visual Volupat est ipsum quis est eu pede laoreet elementum lectus Hunting Lokasi Sebulan sebelum pagelaran. kami dipastikan untuk menggarap video mapping untuk pagelaran Drama Arena 2010. dan disana kami mendapat materi acara serta merencanakan penempatan projector dan lokasi Control.

Sebuah pagelaran Drama yang dipadukan dengan musik dan tari oleh ratusan santri Pondok Modern Gontor Jika anda bertanya dan menganggap bahwa kehidupan di pondok sangat membosankan, maka anda mengalami kesalahan persepsi yang benar – benar salah. Kehidupan pondok tidaklah begitu membosankan seperti yang anda duga, karena saya telah mengalaminya, walaupun pada kenyataannya banyak sekali yang mendapatkan depresi berat di pondok ini. Pondok yang saya maksud adalah Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo Jawa Timur. Berbagai hiburan yang terdapat di pondok ini adalah PORSENI, Gebyar Seni Darussalam, Panggung Gembira, Drama Contest dan foto yang dapat anda lihat di atas adalah Drama Arena yang diadakan oleh angkatan kelas 5 2010-2011 Drama Arena adalah suatu pagelaran drama yang setiap tahun diadakan untuk kelas 5. Tentu saja persiapan yang dilakukan tidak segampang dan semudah apabila mereka mempersiapkan pagelaran topeng monyet di pinggir jalan. Namun persiapan Drama Arena amat sangatlah penuh perjuangan dan penuh keringat. Mereka harus bersusah payah menyiapkan berbagai tetek bengek yang akan dipertontonkan saat hari H datang. Diawali

dengan pemilihan ketua Drama Arena yaitu Masyitoh Anis, Inayatul Maula, dan Ana Maulida. Setelah itu mulai disusunlah banyak bagian dan seksi – seksi acara. Mulai dari bagian sutradara acara, panggung ataupun cerita, kemudian bagian keamanan, perlengkapan, kostum, konsumsi, humas, make up, musik, lighting, bahkan sampai souvenir. Semuanya dipersiapkan secara matang selama 3 bulan.

Produksi Animasi Untuk produksi tidak ada kendala sama sekali bagi kami. mengingat materi yang kami terima begitu matang. dan yang butuh kami buat hanyalah footage2 uantuk adegan per adegan yang akan kami control secara manual saat live. Mniatur Stage setelah materi selesai kami melakukan percobaan untuk proyeksikan pada miniatur panggu yang sudah kami buat. Pemasangan di lokasi saat baground selesai dibangun. kami langsung bergegas memasang equipment kami. tepat jam 11 malam background selesai di bangun kami langsung beraksi hingga pagi sekitar pukul 4.30 pekerjaan kami selesai.

Project Detail HARDWARE - 4 Unit Projector 15000lumens - Syncronize - Visual mixer

Membangun Background panggung berbentuk bangunan dengan lebar 23 meter dengan tinggi 15 meter Dalam membangun dekorasi mereka tidak tanggung tangung membangun sebuah background bernetuk bangunan dengan lebar 23 meter dengan tinggi 15 meter. hal yang menurut kami gila, untuk mendirikan bangunan itu mereka melakukannya tanpa alat berat. mereka melakukannya dengan gotong royong dan manual.

Client : Pondok pesantren Gontor Agency : Urban Comunication Animation: Sianima Studio Project Director : Danartri Project Manager : David Projection Director : Faishol H. Dokumentasi : Luwky


Produksi Animasi Backdrop Mapping yang hampir tidak masuk akal 1. Sendra Tari Kita Adalah Satu Sendra tari kita adalah satu merupakan Puncak dari serangkaian acara Ulang Tahun Taman Mini Indonesia Indah. Sendra tari Ini sudah terpikirkan dengan matang dengan melibatkan ratusan penari yang sudah terorganisasi dengan baik dan persiapan yang cukup matang. 2. Dukungan musik dan Visual Untuk menyajikan pertunjukan yang sempurna, musik tentu menjadi hal yang pasti sudah terpikirkan. berkumpulnya beberapa koreograpfer dan ratusan penari, ahirnya terciptalah sebuah gagasan dan konsep musik yang akan mengiringi para penari. musik tari ahirnya dikerjakan oleh beberapa musisi yang berpusat di jogja sebagai tempat produksi musiknya. namun untuk produksi Visual awalnya hanya berisikan video ataupun slide gambar yang sederhana. Namun hal itu dianggap menjadi kelemahan dan menjadi hal tidak seimbang bila dibanding dengan persiapan para penari dan musisi. maka diputuskan untuk membuat video mapping untuk mengiringi pagelaran tersebut walaupun waktu menuju hari H sudah tidak masuk akal lagi. 3.Melibatkan puluhan animator untuk produksi Visual Mapping Meskipun waktu sudah tidak tinggal 1 minggu menuju hari H. dirasa masih ada waktu untuk mengejar produksi visual mapping. Kota Malang adalah kota dengan produktivitas Animator yang cukup tinggi. dengan network animator yang cukup baik, ahirnya kami berhasil mengorganize puluhan animator. berkat konsep tari dan sound yang matang, Ahirnya produksi animasi backdrop Mapping yang berdurasi 30menit itu dapat terselesaikan tepat waktu. Dan pertunjukan Tari Kita Adalah satu dalam Malam puncak HUT TMII ini merupakan kebanggaan bagi kita yang terlibat dalam proses produksi yang cukup menantang.

Puncak Acara Ultah Taman Mini Indonesia Indah ke-37 2011

HUT TMII ke 37 Berlangsung meriah Dalam perhelatan rangkaian ulang tahun ini, TMII mengisinya dengan berbagai kegiatan kesenian. Salah satunya pertunjukan seni yang digelar pada 15 - 22 April. Kegiatan itu melibatkan sejumlah artis lokal dan nasional, di antaranya kelompok band Wali dan penyanyi muda Ayu Tingting Pertunjukan yang ditampilkan, antara lain, festival band remaja di Sasono Langen Budoyo, lomba line dance dan demo masak di Sasono Utomo, lomba ayam ketawa tingkat nasional di Parkir Taman Burung, dan festival dalang bocah di Istana Anak-Anak Indonesia. Dan puncak dari acara HUT TMII Ini adalah pagelaran tari Kita adalah satu. pada pagelaran tari ini kami berkesempatan membuat visual mapping berdurasi 30 menit Nonstop untuk mengiring penari dengan paduan video mapping yang akan diselaraskan dengan visual Mapping panggung seleuas 8mx20meter.

Pertama kalinya Taman Mini Memperingati hari Ulang Tahun dengan dengan Event Puncak Acara pada malam hari dengan panggung Terbuka. Pada tahun-tahun sebelumnya, Untuk memperingati Hari Ulang tahunnya TMII belum pernah menggelar acara sebesar dan meriah ini. kami cukup bangga dan was-was ketika mengerjakan project ini. ada sebuah pesan dari dirut TMII Bopak Sugiono yang mengatakan nama baik taman mini ada pada event ini. mengingat undangan sebanyak 1000 undangan dari kalangan pejabat dan menteri akan datang pada acara puncak HUT TMII 37 ini.


serangkaian Tarian dengan memdukan visual dan video mapping

Project Detail Video Mapping HARDWARE - 3 Unit Projector 15000lumens - Syncronize - Visual mixer Client : Taman Mini Indonesia Indah Agency : Ilex Animation: Sianima Studio Project Director : Danartri Project Manager : Maya Indraswari Projection manager : Faishol H. Holographic manager: Abu Sujaq Animator Manager: Wisnu Sekty Produktion Manager: Kurniawan

Menampilkan pidato HOLOGRAM Alm. Pak Harto dan Ibu Tien. Sebenarnya hal yang paling dikhawatirkan oleh pihak panitia adalah penampilan sosok ALM. Pak Harto dan ibu tien Soeharto pada acara tersebut. Kami diberikan sebuah tantangan untuk menampilkan tokoh tersebut diatas panggung untuk mengenang beliau sebagai penggagas berdirinya taman mini Indonesia Indah. gagasan pertama adalah menampilkan video rekaman peresmian TMII Pada layar video mapping. Tapi kami menangkap hal tersebut terlalu monoton. maka kami memberikan alternatif untuk menampilkan beliau kedalam wujud hologram. Secara teknis, hal tersebut tidak masalah bagi kami. meskipun ini saat pertama kali bagi kami membuat hologram namun jauh beberapa bulan sebelumnya kami sudah membuat sebuah riset kecil untuk menciptakan media ini. Hal itulah yang membuat pihak penyelenggara sempat tidak percaya pada kami. Namun setelah kami beri penjelasan dan contoh2 saat riset, akhirnya mereka memberikan kesempaan kepada kami untuk membuat pidato hologram pak Harto dan Ibu tien.

Mengumpulan data video lama untuk membuat video baru untuk diproyeksikan kedalam media hologram. Untuk membuat Hologram kami dituntut harus menampilkan Pak Harto dan ibu tien seakan akan muncul di atas Podium Panggung. Dari sisi proyeksi Hologram bagi kami itu bukan hal yang menyulitkan. Namun untuk membuat video yang akan di proyesikan pada media holographic,

umumnya tokoh yang akan dihologramkan akan di shooting terlebih dahulu dengan latar belakang hijau, kemudian dilakukan proses chromakey untuk mendapatkan video dengan latar belakang Alpha. sehingga dari proyeksi yang dihasilkan hanya akan muncul tokoh yang di hologramkan. Tapi pada kasus ini kami tidak bisa melakukan hal tersebut karena sosok yang akan kami tampilkan sudah meninggal dunia. Maka Hal yang memungkinkan hanya dengan satu cara yaitu mengumpulkan semua video pidato yang ada, dan merangkainya dengan mengambil kata demi kata untuk menghasikan video data baru. Untuk mengumpulkan data kami harus mencari data tersebut dari berbagai sumber. kami pikir dengan hanya mengandalkan Internet kami bisa mendapatkan tersebut, ternyata kami salah video yang ada hanya menjadi video berdurasi hitungan detik. padahal kami membutuhkan durasi sepanjang 13 menit. Untunglah pihak taman mini membatu kami untuk mengumpulkan data2 tersebut dengan mengambil data video di departemen Arsip Negara. sehingga data yang kami butuhkan bisa terkumpul. namun masalah tidak hanya disitu. setelah video kami pilih kata demi kata, dan menyambung kata kata tersebut hingga menjadi sebuah Pidato. kami harus berhadapan lagi dengan masalah video yang jamping tidak karuan. jelas, hal itu karena stiap video meiliki kualitas, angel kamera bahkan baju yang berbeda. Ahirnya dengan menerap kan rotoscoping pada video2 tersebut dengan mengedit video frame by fream. Ahirnya Hologram Pak Harto Dan Ibu Tien Dapat berjalan lancar.


Sound Of Surabaya Holographic Dancer

Sebuah pesta DJ yang spektakuler, kombinasi dance music dengan per tunjukkan hologram, 3D laser, Flash Mob, dan tata suara yang menggelegar. Sound of Surabaya (SOS) diadakan di Kenpark pada bulan Juni lalu, merupakan sensasi tersendiri bagi para DJ yang tampil pada malam itu. Betapa tidak , selain menyuguhkan serangkaian musik DJ, para DJ difasilitasi dengan tata suara yang dahsyat dan sangat sesuai dengan kebutuhandance music. Dengan dominasi frekuensi low untuk mendapatkan groovy, memperkuat pattern drum dan bass line yang ajib.

Kami menawarkan konsep yang benar benar beda pada pesta DJ ini. yaitu cewek-cewek sexy yang menari mengikuti irama musik DJ. Tapi jangan salah, palah penari tersebut adalah hasil racikan programer Holution untuk menghasilkan manipulasi Hologram.

HOLOGRAPHIC DANCER Manipulasi Live Hologram penari seksi yang penari mengikuti beat musik DJ Holographic Holographic Dancer merupakan teknik proyeksi visual untuk menghasilkan manipulasi Hologram. dengan Holo Dancer tentu akan membuat semua orang takjub.

Holographic Stage Midi Console MAC & VJ Software Video mapping Tools visual extender syncronize Multimedia Director :Danartri Client :D’Concept VJ Team : Gatut,Fai,sujaq


Project Detail Client :Universitas Indonesia Performer :Danartri & Yanica Projec manager :Maya Equipment 15000 Lumens Projector Syncronizer

AUDIO VISUAL MAPPING PERFORMANCE Pekan Seni Rupa 2012 PERPUSTAKAAN PUSAT UI

Visual Control Digital DJ control

V i s u a l M a p p i n g Pe r f o r m a n c e M a l a m p e n u t u p a n Pe k a n S e n i R u p a 2 012 d i m e r i a h k a n p e r t u n j u k a n Video mapping yang cukup berbeda. d a l a m p r o j e c t i n i k a m i m e n a m p i l k a n v i d e o m a p p i n g d e n g a n ko n s e p l i v e per for mance. dimana musik dan visual kami sajikan dengan per for mance Visual ar tis yang meracik visual audio dan visual secara live. dengan cara ini maka video mapping dapat disajikan dengan durasi yang sangat f l e k s i b e l l a y a k n y a DJ p e r f o r m a n c e .


iNSOMNIA URBAN Frekwence 2009

VJing System Bagi Kami DJing adalah keahlian yang wajib kami pelajari sebelum menjadi VJ. AUDIO VS VISUAL ini adalah pekerjaan yang sungguh mengasikkan. dimana kami hanya mendapat 1 jawaban realtime Animation untuk menghasilkan Animasi Visual. Whaat? Ya membuat animasi diatas disaat DJ memainkan lagu. maka saat itu kami sudah memiliki solusi. dimana kami harus mengetahui bagai mana DJ bekerja, kami mengadopsikannya dalam pekerjaan kami.

Sebuah penampilan yang memadukan beat DJ dan video mapping di atas panggung DJ Musik dan Visual adalah sesuatu yang menciptakan emosi melaui mata dan telinga. sebuah karya musik DJ mampu membangkitkan gairah crowd dalam sebuah party DJ. Namun musik saja tidaklah cukup. Dengan adanya Lighting, yang meriah DJ party akan jadi lebih meriah. Namun perkembangan lighting ternyata mengarah pada kebutuhan visual yang berperan sebagai Visualisasi Nada yang akan menyampaikan sebuah sajian visual dan animasi yang diselaraskan dengan alunan musik DJ. VJ adalah seorang yang memrankan vungsi ini. Hingga pada tahun 2007 teknologi visual berkembang hingga muncul Visual Mapping. Visual mapping dalam sebuah Party memerankan fungsinya sebagai Lighting dan visual effect. dengan fungsinya tersebut video mapping dalam party DJ tidak hanya membuat crowd terbawa emosinya melalui nada, melainkan dengan video mapping crowd akan dibuat takjub dengan permainan effect Visual Mapping.

ciptakan dengan alunan musik DJ dimainkan. banyaknya jumlah DJ yang tampil, dan singkatnya waktu yang kami miliki, tidak memungkinkan buat kami untuk mengumpulkan lagu yang dimainkan DJ dan mendengarkannya satu demi satu untuk merancang visualisasi yang akan kami tampilakan. selain menggunak metode tersebut, kami menyaring musik dan mengambil frekwunsi tertentu untu kami konversikan sebagai triger untuk menganimasikan logo,teks, dan efect untuk mengghasilkan animasi yang dinamis. Serta peran video mapping tidak ketinggalan kami terapkan pada stage DJ untuk menghasilkan stage DJ yang fantastis.

Hi,Mid,Low = Hilight,MidTone,Shadow bahkan ketika DJ memainkan mixing dengan frequensi Hi,mid,Low pada frequensi suara, kamipun juga melakukan mixing Hilight,Midtone,dan Shadow pada visual. Camelot wheel = Color wheel dan ketika DJ menggunakan Camelot wheel untuk urusan nada, kamipun menggunakan color wheel untuk mengatur warna. Ya itulah sebuah seni Audio dan Visual. sebuah karya yang tak terlepas dan memiliki karakteristik yang sama.

Hardware

Camelot Wheel For DJ

2 unit Projector 3000 LUMENS Midi Console MAC & VJ Software Video mapping Tools visual extender syncronize Animator,Director &VJ :Danartri Client :Flame Cafe Agency : Nuspectra

Dentuman musik DJ yang membentuk visual dari musik itu sendiri Dalam membuat visual mapping untuk kebutuhan DJ, Kami harus menyelaraskan Visual Motion yang kami

Dj melakukan Mixing,Copping,Beat hunting,effect,dll ya,.. kamipun juga melakukan hal yang sama. dari sejumlah footage visual yang kami buat kami membuatnya dengan hitungan motion layaknya musik DJ. Looping 4/4, 1/16,1/32 dan seterusnya.

Color Wheel For VJ


Pertamina Day

wahana edukasi pertamina

Interactive Billboard Augmented Reality

Menciptakan sebuah media yang dapat menarik pengunjung dengan LED screen 2mx3m

Adegan lainnya adalah konservasi terhadap pelestarian penyu. Bagi pecinta penyu, pasti tak akan melewatkan adegan ini, karena bisa merasakan melepas penyupenyu di pantai.

WAHANA EDUKASI PERTAMINA

Ajang Pertamina Day di Atrium Mall Tunjungan Plaza 3 Surabaya yang berlangsung mulai besok (30 Agustus - 2 September 2012) memang patut dikunjungi. Tidak hanya menghadirkan pebalap GP2 Pertamina Rio Haryanto secara virtual dengan teknologi Augmented Reality, melainkan juga bisa menampilkan aneka permainan digital interaktif yang lain. Selain bertemu Rio, Augmented Reality juga mampu menghasilkan lima adegan yang lain. Para pengunjung bebas memilih adegan apa yang dikehendaki, yang tentunya sangat berhubungan dengan kepedulian Pertamina pada pelestarian lingkungan. Adegan pertama adalah pengunjung bisa merasakan seakan berada di hutan dan sedang bermain dengan beruang madu serta burung maleo. Pelestarian kedua satwa itu didukung oleh Pertamina sebagai bentuk kepedulian lingkungan. Pada adegan kedua, bisa memilih berada di pengeboran lepas pantai. Tentu ini akan menjadi pengalaman tak terlupakan. Selain itu ada adegan menanam bibit pohon yang nantinya pohon itu akan bertambah besar dan berbuah. Asyik sekali, ibarat berada di sebuah kebun.

Pilihan diorama lainnya adalah berlokasi di SPBU. Anda bisa merasakan menjadi petugas pengisi BBM.

tempat lain dan dapat berinteraksi scara live dengan karakter 3D yang ada di dalam screen. mereka dapat berinteraksi dengan beruang,buaya,bahkan mereka terlihat sekan akan ditepi pantai meskipun orang tersebut sebenarnya berada di dalam mall. teknologi yang kami terapkan yaitu menggunakan teknologi Augmented Reality. dan kami menyebut cara kami ini dengan istilah interactive billboard.

Total di ajang teknologi Augmented Reality atau yang pertama kali ditampilkan oleh Pertamina ada enam adegan termasuk bersama Rio Haryanto. Keistimewaan  teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata ini tentu wajib dicoba bagi para pengunjung. (*) Dalam project kami kali ini, kami mendapatkan kepercayaan dari Agency untuk bertugas menciptakan media yang digunakan untuk menarik pengunjung agar mau masuk kedalam wahana edukasi pertamina. Media yang digunakan adalah LED 2mx3m yang dipasang meninggi agar bisa dilihat oleh pengunjung mall. bila hanya menampilkan animasi saja mungkin itu sudah biasa. maka kami menggunakan LED screen tersebut sebagai game yang melibatkan orang yang bermain terlibat sebagai tokoh didalam game tersebut. Dengan memasang HD camera yang berfungsi mengambil gambar pengunjung, maka gambar orang orang yang terekam kamera tersebut akan langsung masuk dilayar. namun tampilan benar benar berubah. LED screen akan menampilkan orang tersebut seolah olah berada di suatu

Project Detail HARDWARE - 6unit LED Module - Syncronize - Visual mixer - HD Camcorder - Augmented sistem Client : Pertamina Agency : Fortune Animation: Sianima Studio Project Director : Danartri Project Manager : Wisnu AR Control : Faishol H. Dokumentasi : Ilyas


sianima studio Visual Production & Art-tech Compony

Animation & Film

Visual Exsperience

Entertainment

Animasi 3D

Video Mapping

Visual Code

Kami memproduksi film animasi 3D untuk kebutuhan serial TV maupun untuk kebutuhan tertentu

2D Animation selain animasi 3D animasi 2D Dan Motion design merupakan bagian dari pekerjaan kami

Comik selain dari sisi produksi, perencanaan sebuah cerita yang baik akan kami awali dalam divisi ini

Holution Holution merupakan divisi Inovasi teknologi visual Sianima Studio. kebutuhan klien terhadap perkembangan teknologi visual semakin tak terelakkan. kami b e r i n i s i a t i f m e n g e m b a n g ka n kebutuhan ini pada divisi yang kami anggkat kedalam brand kami yang berkonsentrasi pada Inovasi teknologi visual. Dimana Kreativitas adalah jantung dari kinerja kami dan kami terus menawarkan solusi untuk proyek yang paling menantang. Jika sebelumnya konsep video dan pencahayaan memiliki bagianbagiannya sendiri hingga keduanya telah berkolaborasi, mereka telah memeluk teknologi terbaru dari teknik video mapping dan menggunakannya untuk mengubah tempat dan membawa dimensi baru untuk menyampaikan sebuah pesan.

Design

Sebuah Trend Baru pertunjukan Visual dengan menggabungkan unsur Film Animasi dan teknik pemetaan cahaya.

Holographic Sebuah Ilusi untuk menampilkah tokoh maupun produk dengan menghadirkannya dalam bentuk ilusi Hologram

Merealisasikan sebuah konsep terkadang teknologi yang ada saat ini tidak cukup memenuhi kebutuhan ide mereka. maka jalan keluarnya Kami membautnya sendiri kebutuhan teknologi tersebut.

Content Implementation

Augmented Reality

Holution adalah sesuatu yang kami tawarkan kepada anda melalui serangkaian konsep art dan teknologi yang ada kemudian kami kembangkan menjadi sebuah media visual yang baru, fresh, artistik, techno, dan tentu saja sesuai untuk kebutuhan entertainment masa kini. Dengan didukung para ahli yang tentu sudah berpengalaman di bidang seni digital, kami mengemasnya dengan cantik, canggih, dan elegan. Kamipun tidak akan berhenti membuat HOLUTION menjadi semakin canggih dengan media interaktif sehingga ini bisa menjadi jalan untuk mengintegrasikan virtual teknologi visual maya menjadi aplikasi teknologi yang nyata. Selamat datang di dunia Holution

Kami tidak pernah berhenti berinovasi dalam bidang ketrampilan kami. Trial error adalah hal yang kami anggap hal yang menantang dan menyenangkan.


Holution Visual Art Sianima Animation Studio jl.Puncak Borobudur Griyashanta H435 Malang Jawa Timur 61149 Indonesia 0341- 418237 www.SianimaStudios.com www.Holution.web.id


Visual for Live Event