Page 1

TUJUH TAHUN Babel

Pos

Si Bungsu Dalam Jaringan Oleh: Syahril Sahidir General Manager HARI ini, 7 Tahun yang lalu, Harian Babel Pos lahir di Negeri Serumpun Sebalai ini. Babel Pos merupakan salah satu media kelompok Sumatera Ekspres (Sumeks Grup) yang termasuk dalam jaringan Jawa Pos News Network (JPNN) yang merupakan jaringan media – terutama media cetak— terbesar di Indonesia. USIA 7 tahun, ibarat anak baru masuk sekolah. Bagai anak yang baru mengenal dunia bermain di luar lingkungan masyarakat dan keluarganya. Tidak terasa memang, dan sudah cukup lama juga memang. Jika ditinjau untuk sebuah perusahaan. Namun, Babel Pos justru merupakan Si Bungsu Dalam Jaringan JPNN. Kelahiran Babel Pos di Provinsi ini, berbarengan dengan media-media cetak lokal Kabupaten/Kota dalam jaringan JPNN Grup. Bahkan, Babel Pos jauh lebih muda dibanding media cetak JPNN Grup ’Guang Ji Ribao’ koran berbahasa Mandarin. Meski demikian, hal yang cukup membanggakan, Babel Pos tetap penting dalam jaringan JPNN Grup. Karena Babel Pos bagaimanapun sudah melengkapi jaringan JPNN yang terbesar di seluruh Provinsi di Indonesia. JPNN dengan Babel Pos di dalamnya, sudah punya jaringan dari Sabang sampai Merauke, yang justru tidak atau belum dimiliki jaringan media cetak lainnya di Indonesia. JPNN dengan jaringannya sudah memiliki khusus media cetak saja mencapai 200-an koran harian, baik di Provinsi maupun di Kabupaten/Kota. Belum lagi TV-TV lokal. Dapat kita sebutkan untuk di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) saja misalnya, dimulai dari Jambi setidaknya ada 3 media seperti Jambi Independent, Jambi Ekspres, plus 1 TV, ditambah koran-koran lokal di Kabupaten/Kota. Begitu juga di Bengkulu ada 2 media cetak, yaitu Harian Rakyat Bengkulu dan Bengkulu Ekspres, plus 1 TV, ditambah koran-koran Kabupaten/Kota. Begitu pula di Lampung ada Radar Lampung dan Rakyat Lampung plus 1 TV ditambah koran Kabupaten/Kota. Sementara di Palembang ada Sumatera Ekspres, Palembang Pos, Radar Palembang, Palembang Ekspres, Palembang TV, ditambah koran-koran Kabupaten/Kota seperti Lahat Pos, Prabu Pos, dan lain-lain. Lalu, di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), ada Babel Pos. Itu khusus untuk wilayah Sumbagsel, sementara di daerah lain yang termasuk dalam Kelompok Riau Pos (JPNN Grup juga) seperti Batam Pos, Rakyat Aceh, Padang Ekspres, Radar Sumut (Sumatera Utara), termasuk TV lokal dan lain-lain.

TIM REDAKSI B A R D I A N, STP Redaktur Pelaksana I KEK kawan-kawan

HUT BABEL POS KE - 7 MUNGKIN dengan jaringan yang demikian luas, bagi pembaca yang pernah membaca media yang termasuk dalam jaringan JPNN, Babel Pos masih terasa belum mampu memenuhi selera konsumen seperti saudara-saudaranya di daerah lain. Mungkin ada yang membaca Indo Pos, atau Rakyat Merdeka (JPNN Jakarta), atau membaca Sumatera Ekspres, atau membaca Batam Pos, masih terasa Babel Pos kok beda? Sekali lagi, kami akui, maklum usia baru 7 tahun yang terus harus dimatangkan dan dibenahi sanasini. Media lain dalam kelompok JPNN yang sudah berumur sudah matang pengalaman dan sudah teruji. Babel Pos memang masuk dalam jaringan JPNN yang orang-orangnya sudah matang, namun Babel Pos-nya tetaplah koran muda, tetaplah dipegang dan dikelola anak-anak Bangka Belitung juga. Karena ada pola dalam jaringan JPNN, setiap anak grup diberi hak otonomi penuh dengan harapan orangorangnya menjadi matang dan profesional. Begitulah Babel Pos, yang banyak diantara mereka baru tahu dengan dunia jurnalistik dan pengelolaan koran seusia dengan Babel Pos. Jadi, saat ini masih dalam proses pematangan diri, pematangan emosi, serta pematangan pola dan cara pengelolaan media.

MESKI usia terbilang belia, namun tentunya Babel Pos ingin berperan dalam segenap dinamika dan warna yang ada di Negeri Serumpun Sebalai ini. Baik itu menyangkut kehidupan sosial, maupun dalam arti yang seluas-luasnya. Kehidupan sosial yang ditandai kehendak bersama melakukan perubahan, demokratisasi menuju perbaikan kesejahteraan hidup, sudah pasti tidak berjalan tanpa peran media massa, terutama pers di dalamnya. Pada hakikatnya, wajah pers adalah cerminan wajah masyarakatnya. Liputan pers mewakili kondisi sebenarnya dari keberadaan masyarakatnya. Jika liputan pers sarat persoalan, hal ini mencerminkan persoalan yang ada dalam masyarakat. Karakter pers ini didasari prinsip faktual, yang terjadi atau yang diindikasi terjadi. Karena sifat pers pada faktualitas, pers memiliki dua karakter, menampilkan berita yang menyenangkan (support) dan menyakitkan (critic). Fungsi kritik pers ini yang sering menimbulkan salah tafsir. Terlebih lagi Babel Pos dalam usia dan manusia-manusia di dalamnya yang masih relatif muda, tentu tak luput dengan persoalan-persoalan dan dinamika yang ada. Emosi dan pola pikir yang belum terlalu bijak, gejolak jiwa muda yang membara, kadangkala mengalahkan kritik secara santun dan bukan tak mungkin mengalahkan pola pikir secara bijak. Di sinilah kritik dan saran untuk perkembangan Babel Pos ke depan tetap dibutuhkan. Babel Pos milik masyarakat Bangka Belitung. Tanpa masyarakat Bangka Belitung, tak ada yang namanya Babel Pos. Babel Pos tak berarti apa-apa, tanpa masyarakatnya juga. Demikian dari kami, salah dan khilaf mohon dimaafkan. Pepatah Melayu berkata, Babel Pos ini masih ibarat umur baru setahun jagung, darah pun baru setampuk pinang, ilmu kurang coba pula mengajar orang. Inilah kami, menghaturkan dengan sepuluh jari, sebelas dengan kepala kami berharap, doa dan harapan kami inginkan, semoga kami diterima dan tetap menjadi bagian dari Negeri Serumpun Sebalai tercinta ini. (**)

Oleh: Sudarmo S kom Pimpinan Perusahaan Babel Pos TERIMA kasih kepada masyarakat Bangka Belitung yang tetap setia kepada Babel Pos dan kepada semua pihak yang telah mmbesarkan Babel Pos sehingga masih tetap eksis. Harapannya semoga Babel Pos bias menjadi pelayan yang baik bagi masyarakat, terus maju seiring dengan pesatnya pembangunan propinsi yang kita cintai ini. Trims.

FAISAL DJOANG

EKA MAHENDRA PUTRA

Redaktur

Wartawan

Sebuah KEBANGGAAN menjadi salah satu dari 50 manusia Babel terbaik yang bisa bergabung dengan Babel

Ayo terus maju dan lebih kompetitif. SEMANGATT..!!! Graha Penanya dooonng...Buat pembaca, thanks untuk kebersamaan selama ini. Kami berjanji terus memberikan yang

TIM LAYOUT


B A R D I A N, STP Redaktur Pelaksana I KEK kawan-kawan semue, yok kite senasib sepenanggungan, berat sama dipikul, ringan pun dak perlu mintak kek kawan tuk bantu. Berbuatlah yang terbaik. Yakin lah, Allah Maha Mengetahui apa yang kita perbuat. Siapa yang menuai benih, Insya Allah dialah yang bakal menikmati panennya. Kepada Pembaca: Mohon Maaf jika ada khilaf dan salah, kami pun terus belajar dan belajar. Doakan kami agar menjadi insan pers profesional yang benar.

M SOBRI KURNIAWAN Redaktur Pelaksana II Semoga di Ultahnya yang Ketujuh ini Babel Pos Semakin dekat di hati pembaca. Mari kita Berpacu, Berlari Mengejar Mimpi yang Tak Pernah Terbeli.

N O V E R M A SIP

Redaktur Aku Bangga Sebagai Perintis Berdirinya Harian Pagi Babel Pos di Bumi Serumpun Sebalai Ini. Semoga Babel Pos selalu Ada Di hati Masyarakat dengan Menyajikan Berita-berita yang Aktual. Jaya Terus Babel Pos. Untuk Pembaca Setia Babel Pos...Thanks... Radar Babel HUT.pmd

Sebuah KEBANGGAAN menjadi salah satu dari 50 manusia Babel terbaik yang bisa bergabung dengan Babel Pos, media jaringan Jawa Pos group (JPNN) dengan 200-an lebih media, memiliki jaringan terluas dan beroplah terbesar se Indonesia.... Menjadi sebuah KEBAHAGIAAN bisa mengawal DEMOKRASI dan HAK RAKYAT Babel meski hanya melalui sebatang PENA......... “KEEP THE SPIRIT OF BABEL....”

FARIZANDY (DANIEL) Wartawan Mencoba menyenangi serta dapat berbagi adalah kesenangan bekerja di harian pagi Babel Pos! 7 tahun refleksi Babel Pos semoga bagi hasil makin besar dan graha pena Babel Pos segera terealisasi. AllahuAkbar!!!

HERI EKA PUTRA Wartawan Dengan Mengenal Babel Pos Anda Dapat memahami, Jadi Cobalah untuk kenal Babel Pos, baru bisa memahami dan menyayangi. Hanya Hanya satu Kata Buat Babel Pos, ‘Keep Kompak’ selalu......

Y U D H Y A R D H Y K A R Y A S SOS

Redaktur Memasuki Usia ke 7 Tahun Harian Pagi Babel Pos (Jawa Pos Group) Sesuai Motto Selalu Ada yang Baru, Dituntut Dapat Menyajikan Informasi Terbaru Bagi Para Pembaca setiap harinya.

CIK MELY HOKINI Wartawan Yo kawan-kawan kite terus maju bersama. Babel Pos semoga tetap jaya!!!

DWI HARYOTO PUTRA

JONI

Wartawan

Wartawan

D E R I K A B U L I A N A A Md

Redaktur Alhamdulillah Babel Pos udah 7 Tahun. Aku Bangga Bergabung dalam anak perusahaan Jawa Pos Group Ini. Sudah saatnya Graha Pena Berdiri. KEEP FIGHT My Brother Met Ultah Yaach

2

Ayo terus maju dan lebih kompetitif. SEMANGATT..!!! Graha Penanya dooonng...Buat pembaca, thanks untuk kebersamaan selama ini. Kami berjanji terus memberikan yang terbaik.

Jangan cuma bisa meminta, cobalah Met Ultah Babel Pos..... untuk Tunjukkan Keberanianmu memberi. Jangan Jadi Pengecut..

BUDI RAHMAD Wartawan Hidup, adalah mengurai kegelisahan! Aku kan mendaki kedalaman jurang, menuruni ketinggian bukit, merasakan sejuk di bawah matahari, Dan menikmati kehangatan di kala hujan. Dan Aku belum ingin mati! 11/15/2008, 4:07 AM

Radar Babel HUT  

Sebuah KEBANGGAAN menjadi salah satu dari 50 manusia Babel ter- baik yang bisa berga- bung dengan Babel TERIMA kasih kepada masyarakat Bang...

Read more
Read more
Similar to
Popular now
Just for you