Page 1

TREND

TIPS

STYLE

RUNWAY

DESIGNER

ACCESORIES

VOL.3 Edisi 9

TENA

MODESTFASHION Stylish with Modest Fashion


TABLE OF CONTENTS ModestWearaliasMoslem Wear

1

TrenKacamatadariModest FashionRunway

MAY

15

2019

KamiIdeaModestWearuntuk PerempuanIndonesia  ModestfashionalaJapanStreet Style

17

21

BonekaMatryoshkadalam KoleksiModestFashionalaMel Ahyar

26

InfluencerModestFashion yangwajibkamuFollowdan kepoin

39

HeaddressforModestFashion

30 HasilWawancaraWirausaha

40


ModestWearAlias MoslemWear?

by Nurika Zahra

 Modest fashion tidak hanya diterapkan olehmerekayangberagamaIslam,meskibegitu cara berpakaian dengan tren modest fashion masih sangat erat dikaitkan dengan busanabusanamuslim.Modestweardanmoslemwear sebenernya memiliki potongan yang serupa, lalu apakah modest wear dan moslem wear adalahtrenbusanayangsama?  Seorang ahli dalam bidang modest fashion, Franka Soeria mengatakan modest fashionbukanhanyapakaianyangtertutupdan panjang,adanilailebihyanginginditampilakan melaluibusana-busanamodest(modestwear). Salah satunya yaitu harapan bahwa modest wear dapat meningkatkan kepedulian para desaineruntukmembuatbusana-busanayang wearable dan timeless, sehingga dapat mengurangitingkatkonsumtifkonsumenyang dapat mengakibatkan semakin banyaknya limbah industri fashion. Busana modest dapat dikatakan wearable dan timeless karena siluet busananya yang cenderung longgar dan memilikipotonganyangsederhana,sehingga

mudahdipadu-apadankandandapatdigunakan dalamkurunwaktuyanglama,termasukapabilasi pemakainyamengalamiperubahanukurantubuh.  Sedikitberbedadenganmdestwear, moslemwearataubusanadengannilai-nilaiagama Islamsepertitidakmempnamuslimmemiliki beberapaaturanpakemyangberkaitaerlihatkan lekuktubuh,tidakmenggunakanbahanyangtipis atautransparan,danyangpalingmembedakan denganbusanamodestyaitumengenakan penutupkepalaataukerudung.MenurutWindri WidiestaDhari,pemiliklabelNurZahra,moslem wearibaratambassador,yangberartibahwa busanamuslimmenunjukkanbahwapemakainya adalahpenganutagamaIslam.Moslemwearatau busanamuslimsaatmengikutiperkembangan zamanharusselaluberkiblatpadasyariatagama Islam. 1TENAMAGAZINE


MODEST by Anggriani Apsari

MODERN

KONVENSIONAL

SYAR’I

2TENAMAGAZINE


TRENMODESTWEAR2019 by Nurika Zahra

Bulan suci Ramadhan telah tiba dan Lebaran hanya tinggal hitungan minggu lagi. Sudah menjadi tradisi tidak tertulis bahwa mayoritas umat muslim akan mengenakan baju baru disaat Lebaran nanti, oleh karena itu berbagai pusat perbelanjaan dantoko-tokobusanamulairamai dikunjungi pembeli, umumnya pembeli mencari busana-busana muslim seperti baju koko  dan gamis.  Bagiwanitaadabeberapamodelbusanamuslimyangakanmenjaditrenditahun2019ini, sepertipadapenutupkepaladalammodestfashiondanbusana.  Kerudung memiliki banyak varian, mulai dari kerudung siap pakai (instan) hingga kerudungyangberupalembarankainsepertikerudungsegiempatdanpashmina.Kerudung yangsedangmenjaditrenadalahkerudung denganmotifprintedyangdapatberbentuksegi empatataupunpashmina.Semuabrandmoslemwearmengeluarkankoleksikerudungprinted nyamasing-masingdenganberbagaimotifsepertifloraldanabstrak.Hijabinstanjugasedang menjaditrensekarangini,penggunaannyayangpraktisnamuntetapmemberikanpenampilan modismembuatnyabanyakdipilihkaummuda.  Padabusana,jeniskaftandangamismasihbanyakdiminatiuntukdikenakanpadamomen Lebarannanti,khususnyabagiperempuandewasa.Sedangkanuntukyangberusialebihmuda, celanapalazzoakanlebihbanyakdipilih.Untukwarna,busana-busanamuslimdenganwarna yanglebihcerah,beranidanfemininakanlebihbanyakdiminatidenganbahanyangnyamandan tidakmudahkusut.

3TENAMAGAZINE


D i  I n d o n e s i a  m u d a h  s e k a l i  kita menjumpai masyarakat berjilbab, akan tetapi jumlahnya tidak sebanyak sekarang. Perkembangan busana muslim sangat pesat, dimana jilbab sudah sangat lumrah dijumpai. Pasar busana muslim juga menjamah seperti ditanahabangdandibanyakwilayahdiIndonsia.

HadirnyaKonsep

MODEST FASHION DiIndonesia by Silviana Dealivani

Sekarang banyak dijumpai masyarakat denganumurdibawah25tahunatausering kita sebut kaum millenial sudah banyak menggunakan jilbab untuk kesehariannya. apabila dilihat dari sisi kebutuhan wanita pada usia tersebut pastinya ingin tampil menariknamuntetapsyarʟi.Haliniakhirnya mendorong banyak toko dan swalayan berinovasi dalam menjual model hijab dan fashion muslim paling update.  Banyak faktor yang dapat mempengaruhi adanya kemajuan dunia fashion muslim. Kontribusi generasi millenial yang telah memakai hijab menginginkan penampilan uyang tetap trendy dan fashionable dalam keseharian. meskipun hanya untuk pergi kuliah, akan sangat diperhatikan penampilannya. Hal ini mendorong terjadinya perubahan yang menghadirkan konsep berbusanayangsyar�inamuntetapfashionble. 4TENAMAGAZINE


Modest fashion memang sangat erat dengan citra wanita berhijab, namun seiring dengan perkembangan dunia fashion, tujuan dari busana modest fashion tidak lagi sebatas pada wanita berhijanamun lebih luas lagi. Modest fashion memiliki kelebihan busana ini tidak ketat dan tidak mengekspos bagian tubuh. pasti nya mengenakan busana modest akan lebih nyaman apalagi bagi wanita berhijab. Potensi busana sopan dan tertutup semakin tinggi untuk pasar global. Bahkan tidak hanya kaum muslim atauwnitadenganhijab,modestfashiondiharapkan dapatmenjaditrendbagipasarmancanegara. Indonesia menjadi miniatur modest fashion, yang bahkan telah diakui oleh dunia luar. Halinitidaklepasdaribanyaknyamasyarakat yang menggunakan modest fashion dalam kesehariannya.MarketIndonesiadinilaisangat besardenganbiayaproduksirelatifterjangkau. Oleh itu banyak negara yang melirik pangsa Indonesia baik untuk bekerjasama maupun memasarkanproduknya.

Berikut adalah beberapa desainer modestfashionIndonesia,kiprahnya sudah tidak perlu diragukan lagi

5TENAMAGAZINE


ModestFashion yangKianBanyakDiminati by Nurika Zahra  Modest fashion selama ini  erat dikaitkan  dengan perempuan muslim, namun sebenarnya modestfashionmemilikiartiyanglebihluas.Artidarimodestfashionyaitupakaianyangmenutupkulit dantidaktransparan,caraberpakaianiniterlihatsopandenganmenutupsebagianbesartubuhdan mengaburkan lekuk tubuh. Gaya berpakaian ini dapat dilihat dari pakaian-pakaian dengan siluet longgardanpanjang,dalamberpakaianalamodestfashiontidakselaludilengkapidenganpenutup kepalasepertikerudungatauhijabkarenatrenberpakaianinitidakhanyadipraktikkanolehmereka yangberagamIslam. Perkembanganmodestfashiondidunia berlangsungsecaracepat.Situsjejaringsosial Pinterestdimengungkapkanpencariandengan katakuncimodestfashiontelahmeningkat menjadi500%sejakawaltahun2018diwilayah Inggrissaja.Berbagaisituspenjualanonline jugasemakinbanyakmenyediakanbusana yangtermasukkategorimodestfashion denganberbagaivariasimodeldandari berbagaimerk.Busanadengankonsepmodest fashionjugamulaibanyakditampilakndalam panggungfashionshowdunia,baikdari desainerlokalIndonesiayangmendunia sampaidesainerpapanatasinternasional.

 Di tanah air sendiri semakin populernya modest fashion sangat terasa, contohnya pada kalangan public figure Indonesia. Di Indonesia berkembanganya modest fashion lebih banyak dikaitkandengankebutuhanspriritualkarenabanyakdilakukanolehmerekayangberagamaIslam denganprosesyangbiasanyadisebut“hijrah�,yaituberupayamemperbaikidiridanmendekatkan diridenganyangmahakuasa,salahsatunyadenganmenutupaurat(padapraktiknyayangpaling terlihatyaitumulaimengenakankerudungatauhijab).

6TENAMAGAZINE


7TENAMAGAZINE


Milenial:CasualLook

ByParamitaMirna

VintageModestOutfitsdiEra

8TENAMAGAZINE


9TENAMAGAZINE


10TENAMAGAZINE


KENALKAN KEARIFANLOKAL LEWATPANGGUNG CATWALKFASHIONMODEST by Silviana Dealivani Sudah banyak yang mengetahui bukan, apa itu modest fashion. Modest fashion akhir-akhir ini sangat familiar di telinga masyarakat Indonesia khususnya para hijabers. Busana ini memang nyaman dan longg ar serta nyaman untuk  dikenakan di berbagai kesempatan. Perkembangan teknologi menyuplai support terbesar dalam pengaruh modest fashion di tanah air. Anak muda masa kini sebut saja millenial sangat update akan g aya, melewatkan banyak waktu untuk mencari tahu trend dan busana ter-update. Kaum millenial juga sangat gemar mengikuti gaya fashion khususnya fashion blogger dan selebgram. A d a  b a i k ny a  a p a b i l a  s e b a g a i  i n f l u e n c e r  j u g a memberikan kecintaan pada budaya Indonesia. Ada banyak influencer yang tanpa malu memakai kain tradisional dan budaya Indonesia. Simak saja akun hamidah rachmawati yang menggunakan kain ikat pada saat berlibur ke jepang. Kedua ada penyanyi andien yang menyukai etnik da keunikan budaya Indonesi. Pengaruh mereka sangat luar biasa,  mendorong p e r t u m b u h a n  f a s h i o n  d a n  p a s a r  di Indonesia. Jadi kita juga harus bangga mengenakan kain tradisional.Namun dibalik pengaruh influencer tersebut adabanyakdesaineryangmenmbuatkarya-karyaterbaik.

11TENAMAGAZINE


Desainer lokal mulai unjuk tangan dengan mulai banyaknya desainer yangtampildicatwalkmancanegara mempersembahkan busana dengan kain-kain tradisional Indonesia. Tak mudah memang namun dengan kegigihan dan keyakinan para desainer dapat mempersembahkan karya-karya terbaiknya di indonesia modest festival 2019. tujuannya agar kebudayaandankaintradisionaltidak diakui oleh negara lain.

Desainer modest Indonesia yang mendunia lewat pagelaran busana banyak, s a l a h  s a t u ny a  a d a l a h  v i v i  z u b e d i , ia memamerkan karyanya di dubai, hongkong, inggris dan banyak lagi. kedua yaitu dian pelangi, siapa yang tidak mengenalnya lahir dari keluarga penjual batik, dian tidak asing lagi. Namu kaliiniiamemperkenalkankainsasirangan danpagatankhaskalimantanselatanpada pergelaran mode bergengsi di New York. ketigariamirandayangmemadupadankan warna pastel andalnya dengan detail songket khas minangkabau.

12TENAMAGAZINE


T

ren menggunakan hijab yang merupakan bagian dari modest fashion tidak hanya berkembang pesat di tanah air. Pada acara pekan fashion bertaraf internasional, hijab atau penutup kepala berupa kain ini sudah mulai bermunculan bahkan dalam koleksi rumah mode papan atas, sebut saja Lanvin, Dior, Versace, dan Gucci. Untuk koleksi fall/winter pada tahun 2018 lalu, beberapa rumah mode tersebut bahkan menyertakan penutup kepala berupa hijab sebagai pelengkap busananya.

by Dhestia Suriandari

Hijab di Runway Pekan Fashion Dunia

Koleksi busana ready to wear Lanvin menampilkan beberapa model yang mengenakan busana modest lengkap dengan penutup kepalanya. Busana yang ditampilkan didominasi oleh jaket dan outer dengan paduan warna gelap dan warna mencolok, seperti hitam dan warna-warna neon. Agar outfit terlihat lebih meononjol, penutup kepala yang ditampilkan terkesan sederhana seperti hijab yang dapat digunakan sehari-hari, namun cukup memberikan tampilan modest look yang stylish.

Rumah mode ternama Dior juga menampilkan model yang mengenakan penutup kepala untuk koleksi busana ready to wear. Melalui koleksinya kali ini, Dior melakukan “demonstrasi� dengan mengusung konsep memperjuangkan hak-hak wanita, femininitas, dan dan gaya berbusana modest dengan outfit yang didominasi oleh sweater dan coat sehingga menunjukkan kesan casual. 13TENAMAGAZINE


Walaupun tidak sepenuhnya menutupi lekuk tubuh, koleksi busana ready to wear Versace ini menampilkan beberapa outfit yang dilengkapi dengan penutup kepala berupa scarf yang dililitkan di sekitar kepala, tampilan hijab ini kemudian dilengkapi dengan penggunaan topi baret dan anting. Pada koleksi kali ini Versace menampilkan busana dengan ciri khas menabrakkan motif dan warna yang berani.

Penggunaan penutup kepala pada koleksi ready to wear dari rumah mode Gucci lebih dominan dibandingkan dengan beberapa rumah mode sebelumnya. Busana yang dipamerkan sebagian besar berupa maxi dress yang dilengkapi dengan penutup kepala berupa scarf yang digunakan selayaknya hijab pada umumnya. Hampir serupa dengan Versace, koleksi Gucci juga menampilkan outfit dengan tabrak motif dan warna.

14TENAMAGAZINE


TREND KACAMATA PADA MODEST FASHION RUNWAY by Hikmah Nidaul H

A

walnya kacamata didesain guna membantu untuk menjernihkan dan menajamkan penglihatan. Lambat laun fungsi kacamata bertambah menjadi alat pelengkap gaya. Ya, walaupun sebagai pelengkap gaya, namun kacamata memiliki peran penting dalam sebuah penampilan. Jangan salah, kacamata juga memiliki tren yang terus berputar layaknya pakaian lho. Sejalan dengan berkembangnya trend modest fashion, designer menambahkan kacamata sebagai pelengkap gaya koleksinya yang ditunjukkan saat fashion show dengan modest wear. Penasaran seperti apa trend kacamata pada modest fashion runway? Simak artikel berikut ini!

1. Kacamata Cat Eye Seperti namanya, kacamata ini berbentuk seperti mata kucing yang runcing diujungnya. Tidak hanya berwarna hitam dan merah, kini kacamata cat eye memiliki warna frame dan lensa yang beragam. Koleksi Dian Pelangi Koleksi Dian Pelangi Persona Socialove padaNew York tampil di Jakarta Modest Fashion Fashion Week ini Week 2018 menggunakan menggunakan kacamata cat kacamata cat eye lensa berwarna eye frame tipis dengan lensa pink, frame transparan. berwarna coklat.

2. Kacamata Round Frame Awalnya kacamata belum memiliki bentuk bermacam macam. Kacamata round eye inilah kacamata jenis pertama yang dibuat. Sesuai namanya, round frame ini memiliki bentuk bulat.

Koleksi Barli Asmara pada Muslim Fashion Festival 2019 menggunakan kacamata round frame dengan lensa hitam keabu-abuan.

15TENAMAGAZINE


3. Kacamata Oversized Merupakan kacamata yang memiliki ukuran yang besar dan menutup seluruh bagian mata. Framenya membingkai seluruh lensa dan biasanya berukuran tebal. Kacamata ini memiliki berbagai model pada lensa tints, warnanya, serta pada gaya framenya yang bervariasi.

4. .Kacamata Novelty Jenis kacamata yang satu ini merupakan kacamata untuk kostum dengan bentuk frame beragam dan 'unik'

Koleksi Monika Jufry pada Muslim Fashion Festival 2019.

5. Kacamata Aviator Kacamata Aviator ini cukup mudah untuk ditemukan sehari-hari. Kacamata ini memiliki lensa lebar dengan lengkungan. Koleksi Happa pada Muslim Fashion Festival 2019

6. .Kacamata Skinny Sun Kacamata skinny sun merupakan kacamata dengan desain yang mungil dan slim, penggunaannya tidak menutup mata secara full. 16TENAMAGAZINE


KAMIIDEAMODESTWEARUNTUK PEREMPUANINDONESIA by Yana Yasipa D

I

  ndonesia sebagai negara   yang berpenduduk rata-rata muslim tentunya menantikan busana yang sopan tetapi juga tetap elegan. salah satunya adalah brand lokal indonesia “kami idea� yang tidak kalah diranah panggung mode. meski baru berkecimbung di dunia fashion, kami idea telah menjadi brand yang diminati kaum perempuan. kami idea sendiri merupakan brand yangdirangkuloleh3perempuan menginspirasi yaitu, Istafiana Candarini, NadyaKarinidanAfinaCandarini. yang menjadi ciri khas kami idea adalah memiliki signature print dan tone warna eart one. beberapakoleksiyangdikeluarkan bisa disepan melalui web resmi kami idea.selain itu juga bisa dipesan offline di storemetro, sogo dan letto seluruh Indonesia. harga dari outfit kami ide sendiri mulaidari300ribusampai1,5juta

17TENAMAGAZINE


Blouse pink soft dengan motifflora natural yang dipadukan dengan celana kulot panjang memberikan kesan feminim. busana yang sopan meskipun dibuatdaribahanyangtipis serta mudah dibawa untuk bergeraksangatmendukung untuk koleksi perayaan lebaran

tampil stylis dalam hal apapun merupakan sebuah impian kaum perempuankami idea mengeluarkan koleksi modest wearyaitu, outer panjang, celana dan blousedengan dominasi warna army. outfit ini sangat cocok digunakan untukbusanasehari-hari, selain itubusana ini juga bisa digunakan sebagai busan kerjaataupun untuk acar formal. 18TENAMAGAZINE


Koleksi Spesial Ramadhan Tommy Hilfiger by Dhestia Suriandari

Banyaknya masyarakat muslim terutama kaum hawa di dunia membuat beberapa rumah mode papan atas mulai menargetkannya sebagai pangsa pasar potensial, berbagai koleksi yang berkonsep modest wear pun diluncurkan untuk menarik minat kaum muslim wanita. Tidak terkecuali pada momen Ramadhan yang merupakan bulan suci bagi seluruh umat muslim dunia. Seperti sudah menjadi tradisi bahwa setiap saat bulan Ramadhan terutama Idul Fitri, konsumsi busana terutama yang bertema Islami akan meningkat pesat. Kesempetan ini rupanya juga dimanfaatkan oleh rumah mode papan atas untuk mengeluarkan koleksi spesial Ramadhan, salah satunya dari desainer ternama Tommy hIlfiger. Untuk merayakan bulan suci Ramadhan pada tahun 2015, Tommy hIlfiger mengeluarkan koleksi eksklusif bagi wanita di kawasan Timur Tengah. Dalam koleksi yang memiliki total 11 outfit ini didominasi oleh gaun dengan panjang yang menyapu lantai, blus, dan rok panjang se-mata kaki dengan warna dominan putih, hitam, dan hijau tosca. Busana-busana tersebut hanya dipasarkan secara eksklusif di gerai Tommy Hilfiger yang terdapat di kawasan Timur Tengah.

19TENAMAGAZINE


Pada tahun 2016 Tommy hilfiger kembali meluncurkan koleksi spesial Ramadhan, lagi-lagi Tommy hilfiger membuat koleksi ini khusus bagi wanita di kawasan Timur tengah. Kali ini koleksi spesial Ramadhan Tommy Hilfiger berjumlah total 15 outfit yang berupa maxi dress, rok, blus dan bolero, kali ini didominasi warna merah, hitam, dan putih. Masih sama seperti tahun sebelumnya kolesi spesial Ramadhan ini khusus hanya dipasarkan di gerai-gerai Tommy Hilfiger kawasan Timur Tengah seperti Bahrain, Kuwait, Qatar, Saudi Arabia, dan Mesir.

Semoga Tommy Hilfiger kemabli meluncurkan koleki spesial Ramadhan lagi ya, dan bisa dipasarkan sampai Indonesia!

20TENAMAGAZINE


ByParamitaMirna

ModestFashionAla JapanStreetStyle

21TENAMAGAZINE


22TENAMAGAZINE


BOHEMIANSTYLE

ByParamitaMirna

TAMPILMODESTDENGAN

23TENAMAGAZINE


24TENAMAGAZINE


25TENAMAGAZINE


BONEKAMATRYOSHKADALAMKOLEKSIMODESTFASHION ALAMELAHYAR by Silviana Dealivani

B

   rand mel ahyar first adalah salah satu brand fashion kenaman di Indonesia. Mel ahyar sendiri kerap diidentikkan dengan gayarancanganyangekletik,namuntetapterasa kemewahannya. Ia sering kali membuat koleksi perpaduan antara budaya dan kreatifitasnya. Karya-karyannya sangat familiar untuk pecinta etnikdanpopart.Melahyarjugaterkenaldengan manik-manik dan gaya bohemian yang kental.

Dalam perjalanannya Mel Ahyar tidak hanya membuat busana couture, namun juga casual look ala Mel Ahyar. Banyaknya peminat modest fashionmenjadipeluangMeluntukjugamembuat busana longgar namun tetap unik dan elegan, namun tetap tidak jauh dari unsur etnik ala Mel.

Mel ahyar baru saja  mengeluarkan koleksi terbarunya bertajuk “Vremya�. Vremya dalam bahasa rusia yang berarti waktu. Tema ini terinspirasi dari boneka matryoshka asal rusia. Menurutnya boneka matryoshka yang berlapis-lapis menggambarkan wanita dari tiga generasi yang berbeda, yaitu nenek, ibu, anak. Dalam koleksinya ini Mel ingin menyampaikan pesan agar wanitadapatteguhdalamprinsip,moraldankesuburan. Ada14looksyangterdiridaridress,outer,sertacelana.

Mel ahyar juga banyak menggunakan siluet A dengan desain longgar. Detail warna dan ukiran yang terdapat pada boneka matryoshka sangat unik dan menginspirasi Meldalamkoleksinyakaliini.Paletwarnayangdigunakan merah dan hitam, kesan yang ditunjukkan feminin dan dramatis, serta ditambah dengan payet dan sulam menambah keunikan dari desain ala Mel ahyar pada koleksinya kali ini yang sangat khas dan unik. 26TENAMAGAZINE


Untuk menambah kesan modest pada koleksinya kali ini, Mel biasa dipanggil jugamembuatscarfdenganbordirankhas boneka matryoshka. Adanya scarf serta model pakaian gaun panjang berlengan panjang membuat “Vremya� mudah dipadupadankan untuk wanita berijab. berikut beberapa desain karya mel ahyar b e r t a j u k  “ V r e m y a �  :  

Sebagai desainer yang mencintai budaya Indonesia, Mel ahyar dengan cerdas memasukkan unsur batik kedalam koleksi Vremya, sehingga mix and match fashion sangat apik. Dalam koleksi Vremya Mel juga membuat tas, serta sepatu dengan detail bordiran yang unik. Mel juga ingin menegaskan bahwa koleksi nyainitidakhanyadapatdigunakanuntuk acra formal, namun juga casual looks, bekerja,dansangatcocokuntukmenemani lebaran teman-teman semuanya.

Nah hal yang paling penting yang perlu kita garis bawahi disini adalah sebagai anak bangsa , kita wajib mencintai budaya kita jadi meskipun sumber ide kita adalah kebudayaanluarkitadapatmengaplikasikan kain-kain tradisional seperti Mel ahyar, agar kesantradisionalmasihtetapdapatdirsakan.

27TENAMAGAZINE


TAMPILKECE MIXANDMATCH

style monochrome ini sudah menjadi trend dilingkungan perempuan beberapa tahun belakangan. gayanya yang simple dengan perpaduan warna hitam, putih dan abu-abu untuk dikenakan sehari-hari maupun untuk acara lainnya. selain simple b u s a n a m o d e s t monochrome sangat cocok untuk gaya remaja yang casual look.

MODEST MONOCHROME by Yana Yasipa D

sebagai seorang perempuan yangcukup antusias dengan permodean,tampil stylist dalam hal apapun merupakan sebuah impian yang ingin diwujudkan. untuk itu tidak j a r a n g p e r e m p u a n b e r l o m b a - l o m b a tampil kece dalam memadu madankan outfitnya.mencari store online/offline maupun selebgram yang bisa menunjang penampilan mereka.

bertemahitamputihdenganperpaduan ouetr oversize dan kaos panjang motif stripe membuat gaya modest monochrome kamu tampak lebih kece. sebagai penunjang outfit untuk lebih menarik bisa ditambahkan sneakers dankacamata.

28TENAMAGAZINE


banyan diantara perempuan sangat menyukai kaos panjang motif stripe ini.dilihat daro bentuk yangsederhanaakantetapimemberikan look yang kece dan fashionable busana ini bisa menjadi inspirasi kamu untuk bergaya modest fashion monochrome yang casual look cukup dengan m e m a d u k a n ny a  d e n g a n  l e g g i n g .  untuk penunjang lainnya bisa dengan menambahkan sling bag minidansandals.

tidakkalahkecedenganwanitaremajalainnya. rani hatta perempuan yang kini berusia 29 tahun ini tidak bisa dipungkiri lagi akan gaya fashionnya yang telah menjadi kiblat kaum perempuan. desainer yang mendirikan brand hattaco official ini memang selalu tampak energik dengan gaya monochromenya. yang menjadi ciri khas dari ibu satu anak ini adalah selau menggunakan outfit dengan ukuran oversize. bagi kamu yang menyukai outer berkerah bisa dengan memadukan rok plisket hitam panjang. gaya ini sangat cocok untukkamuyangtampilkece.

siapa yang tidak mengenal nisya sabban vo k a l i s  b a n d  s a b b a n  g a m b u s .  p e ny a ny i  yang lebih fokus pada lagu yang bernuansa islami dan sholawat nabi. sebagi penyanyi islami busanayangsopandantertutupmenjadicirikhas wanitakelahiranlumajangini.beberapaoutfityang dikenakan nisya bisa menjadi inspirasi kaum perempuan. mendominasi tone warna abu-abu, cukup dengan mamakai gamis panjang dilengkapi denganfasminayangdisematdibagianbahu.selain terlihat sopan outfit ini juga terlihat kece untuk pergi hangout bersama teman.

29TENAMAGAZINE


INFLUENCER MODEST FASHION YANG WAJIB KAMU FOLLOW DAN KEPOIN by Hikmah Nidaul H

M

engikuti tren dalam hal per-mode-an kini sudah biasa, bukanlah sesuatu yang langka. Mulai dari majalah, blog, televisi hingga media sosial kini berlomba-lomba mengangkat tema fashion. Kesemua dapat mudah diakses informasinya. Instagram, media sosial yang menonjolkan foto dan video untuk diunggah dan paling banyak digunakan, kini menjadi sebuah wadah bagi siapa saja yang ingin berbagi referensi di dunia fashion melalui foto OOTD-nya. Apasih ootd itu? Ootd adalah singkatan dari outfit of the day. Bagi kamu penyuka modest fashion yang sedang tren saat ini, kamu bisa mendapat inspirasi ootd modest fashion mulai dari elegan look hingga edgy look dari instagram. Berikut ini list beberapa influencer yang wajib kamu follow dan kepoin untuk dijadikan inspirasi berbusana modest.

1. Yara Alnamiah MUA asal Saudi ini tampil cantik dengan gaya simple dan elegan. Yara berani dengan pilihan-pilihan shayla-nya, ia selalu menyesuaikan tampilan outfitnya dengan penampilan make-up-nya. Tak ketinggalan, ia menambahkan aksesoris seperti jam dan clutch sebagai pemanis gaya. Follow @yaraalnamiah untuk cari inspirasi ootd lebih lengkapnya.

2. Hodan Yousuf Gadis cool yang tinggal di Toronto, Hodan Yousuf, menggabungkan busana vintage lusuh dengan denim. Kacamata, topi dapat ditambahkan sebagai pelengkap gaya. Andalannya menggunakan boots hitam menambah kesan cool. Dengan gaya berpakaiannya yang sederhana, dia bisa tampil keren dan menciptakan street style edgy dengan hijab versinya. Kamu bisa cek dan follow @hodanyousuf untuk melihat referensi

30TENAMAGAZINE


3. Leena Alghouti Influencer asal Dubai ini memiliki banyak disukai karena feednya yang berisi street style dengan busana oversized, mom jeans, tas, dan aksesoris lainnya yang memanjakan mata. Follow @leenalghouti untuk cek referensi street

4. Maria Alia Berasal dari NYC, Maria Alia pro di street style. Ia dengan mudah memadukan vintage fashion dan lapisan denim dalam tampilan yang simple. Maria dapat membuat pakaian yang kelihatannya biasa saja menjadi lebih cool. Cek dan follow @marialia bisa kamu gunakan sebagai refererensi modest wearmu.

5. Summer Albarcha Summer Al Barcha adalah ratu layering. Gayanya lebih banyak feminin dan memberikan kesan yang manis. Berasal dari AS, ia mendokumentasikan tips-tips traveling, mode, dan make up di lifestyle blognya yang berwarna-warni www.summeralbarcha.com.

6. Halima Aden Halima merupakan model, ia tidak hanya menjadi cover Vogue dan ELLE, ia juga pernah catwalk untuk koleksi Yeezy dan Dolce & Gabanna, membintangi campaign Fenty Beauty. Merupakan wanita pertama yang berhijab di Miss Minnesota USA pageant. Cek inspirasi ootd modest fashionnya di instagram pribadinya @halima.

31TENAMAGAZINE


TIPS PENGGUNAAN MODEST WEAR UNTUK TUBUH MUNGIL by Hikmah Nidaul H

M

odest fashion merupakan tren yang tengah merebak didunia industri mode. Apa itu modest fashion? Modest fashion merupakan istilah pakaian yang lebih menutupi bentuk tubuh atau tidak menonjolkan lekuk tubuh. Munculnya tren baru ini dipicu oleh peningkatan kesadaran Muslimah di seluruh dunia untuk menggunakan hijab. Produk modest fashion biasanya terdiri dari jilbab atau penutup kepala lainnya, atasan berlengan panjang dan celana panjang longgar, jaket dan gaun yang menampilkan potongan sederhana. Selain lebih sopan, tentunya kamu tidak ingin ketinggalan trend modest ini kan? Sebelum memilih fashion item yang tepat kamu harus mengenali postur tubuh yang kamu miliki. Bagi pemilik badan proporsional tentu mudah untuk mencari dan menggunakan modest wear. Tetapi bagaimana jika tubuh kamu termasuk mungil? Jika salah memilihnya kamu bisa tampak tenggelam dalam busana yang kamu kenakan. Dont worry! kali ini kita akan bahas fashion item apa sih yang harus kamu gunakan untuk menyiasati postur tubuh mungil, sehingga kamu bisa mix and match-kan dan dapat mengikuti trend modest fashion yang ciamik. Sebagai referensi, kamu bisa mencontoh Leena Alghouti, influencer asal Dubai yang memiliki tubuh mungil yang selalu tampil memukau dengan ootd modest wearnya. Seperti apa fashion item yang cocok untuk cewek bertubuh mungil? Yuk simak tips berikut ini!

1 Motif Garis Vertikal Motif garis vertikal akan memberikan efek lebih tinggi. Hindari motif baju horizontal karena motif tersebut akan memberikan efek melebar dan makin pendek. Kamu bisa menggunakan celana bermotif garis vertikal sehingga kakimu terlihat lebih jenjang, juga dapat menggunakan dress bermotif vertikal yang dapat memberikan efek tinggi pada badanmu.kakimu terlihat lebih jenjang.

2. Belt Mini Belt atau sabuk merupakan salah satu fashion item yang bisa kamu pilih untuk membuat penampilanmu makin ciamik. Untuk tubuh mungil, sebaiknya gunakan belt tepat di bagian pinggang atau sedikit ke atas. Hal ini bisa membuat bagian kakimu terlihat lebih jenjang. Pilihlah sabuk dengan ukuran mini dan senada dengan warna bajumu, jangan terlalu kontras.

32TENAMAGAZINE


3. Tas Berukuran Kecil Tas berukuran besar akan membuat tubuhmu tenggelam, maka pilihlah tas berukuran medium atau kecil dengan model selempang, hand bag, maupun clutch. Tas yang berukuran kecil terlihat proporsional saat dibawa oleh tubuh mungil. Jika tasnya terlalu besar akan tampak tak seimbang.

4. Hindari Tumpang Tindih Warna Untuk memberikan kesan yang lebih tinggi, hindari tumpang tindih warna yang terlalu kontras. Gunakanlah busana dengan warna senada.

5. Memasukkan Top ke Dalam Celana Atau Rok Dengan memasukkan top ke dalam celana atau rok dapat membuat kaki terlihat lebih jenjang. Celana yang digunakan pada tren modest wear tentunya celana longgar. Garis pada pinggang antara celana

6. Warna Monokrom Warna monokrom seperti abu-abu, putih, hitam dapat menghasilkan ilusi bentuk tubuh makin tinggi. Kamu bisa padu padankan outer dan celana warna hitam, gunakan inner berwarna

7. Rok A Line Rok berbentuk A-Line adalah fashion item wajib bagi wanita bertubuh mungil. Siluet yang simple tidak lebar sehingga bisa menimbulkan kesan yang lebih tinggi. 33TENAMAGAZINE


M

odest fashion tengah menjadi tren di kalangan masyarakat luas sekarang ini. Bagi kaum hawa, terutama remaja yang cenderung lebih peka terhadap tren pun mulai mengikuti tren busana modest. Terlepas dari kesan agamis, gaya berbusana modest yang identik dengan busana-busana longgar lebih nyaman digunakan untuk kegiatan seharihari, sehingga gaya busana ini tigak hanya diminati oleh kaum muslim. Ada banyak fashion item yang bisa dipadu-padankan untuk mendapat tampilan modest baik untuk yang ber-hijab maupun yang non-hijab, namun ada beberapa fashion item yang dinilai wajib dimiliki mereka yang menggemari tampilan ini. Berikut daftar 5 fashion item yang wajib kalian miliki:

5 Fahion Item Wajib untuk Tampilan Modest by Dhestia Suriandari

1. Maxi Dress Maxi dress adalah salah satu jenis busana terusan dengan panjang mencapai mata kaki. Jenis dress ini biasanya memiliki siluet yang longgar alias tidak menunjukkan lekuk tubuh, sehingga dapat dikenakan untuk membuat tampilan modest. Maxi dress dapat dengan mudah dipadupadankan dengan outfit lainnya, dapat digunakan sebagai sebagai busana dasar (inner) maupun sebagai busana luar (outer). Maxi dress juga memiliki banyak model dan motif yang dapat memberikan banyak tampilan berbeda.

34TENAMAGAZINE


2. Outerwear Outerwear adalah salah satu fashion item berupa atasan (top) yang biasanya dikenakan pada bagian paling luar busana. Outerwear ini dapat berupa jaket, cardigan, blazer, dan coat. Untuk mendapat tampilan modest pilih outer dengan dengan siluet longgar dan panjang kemudian padukan dengan berbagai outfit lainnya sesuai kreativitas anda. 3. Sweater Sweater dapat diartikan sebagai baju penghangat, karena jenis busana ini biasanya banyak digunakan saat cuaca sedang dingin. Sweater biasanya dibuat dengan material wol, katun, fleece, baby terry dan lainnya termasuk dengan teknik rajutan. Sweater biasanya memiliki siluet yang longgar bahkan cenderung oversize. Seperti halnya maxi dress, sweater dapat dapat dikenakan sebagai busana dasar dan busana luar.

4. Pleats Skirt Pleats skirt atau rok lipit juga merupakan fashion item yang sedang hype akhir-akhir ini. Rok dengan aksen lipatanlipatan kecil diseluruh permukaannya ini dapat dikenakan di berbagai kesempatan, baik formal maupun non-formal. Pleats skirt dapat dibuat dengan berbagai material, seperti katun, satin, beledu dan lain sebagainya. Pleats skirt memiliki panjang rok yang beragam sehingga dapat disesuaikan dengan selera pemakainya. 35TENAMAGAZINE


5. Celana Kulot dan Palazzo Kulot dan Palazzo sama-sama merupakan celana dengan potongan yang longgar, hanya saja yang membedakan adalah panjang dari kedua celana tersebut. Kulot memiliki panjang celana selutut sedangakan palazzo panjangnya mencapai mata kaki. Kedua item fashion ini dapat digunakan pada kesempatan formal maupun non-formal.

36TENAMAGAZINE


5MODEL TURBANUNTUK TAMPIL MODESTDAN FASHIONABLE by Yana Yasipa D

1.TurbanDenganGayaDililitkan PadaSanggulBelakang styleturbaninitelahmenjadistylekalangan anak muda maupun dewasa.pemakaian yang cukup mudah dengan cara melilitkan ujung hijab pada bagian sanggul belakang kepala. turban ini cocok sebagai penunjang fashion casual modest kamu dengan memadukan outfit overall nude dan sneakersputih.

2.TurbanIkatPita perkembangan trend fashion selalu meningkat membuat remaja wanita ingin selalu tampak styleish. salah satunya adalah turban ikat pita ini. cara penggunaanya cukup dengan melilitkan ujung hijab kemudian membentuk ikatan pita pada bagian atas kepala. turban ini sangat cocok untukkamuyangingintampilfashinable.

3.TurbanMatchingDengan Outfit warna turban matching dengan busana yang dipakaijuga membuat outfitterlihatfashionable.untukgayaturban ini bisa dipadukan dengan gamis panjang. turban ini juga bisa digunakan untuk acara semi resmi.agar terlihat lebih modist lagi bisa ditambahkan dengan aksesoris a n t i n g - a n t i n g

37TENAMAGAZINE


4.TurbanSanggulAtasKepala

turban model sanggul kepala ini memang terlihat unik. dikarenakantonjolanataskepala.turbaninicukupdiminati kaumremajakisaranusia19-24tahun.untuktetaptampil fashionable cukup dengan menambahkan anting oversize sebagaipendukungoutfit.

5.TurbanIymelStyle selebgram iymel sebagai owner busana muslim yang membandrol brand iymelsayshijab, gayanya yang elegan dengan padu padanan turban sudah tidak dapa dipungkiri kaum wanita. turbanmodelinicukupmelilitkanujung sisi jilbab kebagian depan dan bagian belakang dibuat terurai. untuk menambahkan kesan fashionable bisa menambahkanpelengkapbusanaseperti baret hat dan kacamata.

38TENAMAGAZINE


39TENAMAGAZINE


WAWANCARAWIRAUSAHA DENGAN OWNERREISAGARAGE

Q:TimModestFashion A:ReisaNurmaownerReisaGarage

Q : M e n g a p a  m e m i l i h  b e r w i r a u s a h a ? A : Karena saat itu (5tahun yang lalu) membutuhkan tambahan penghasilan untuk membayar kuliah sendiri. Q:Mengapamemilihberbisnisfashion? A:Karenamarketfashionsangatlahluas.apalagiceweksangatmembutuhkanfashiondaninginbergantigantifashion,.segmentasimahasiswasehinggamenggunakanhargaterjangkau. Q:Bagaimanasukadukanya? A:awalnyabelumpunyailmuonline.yangpentingapa-apalaku..sampaisuatusaatpernahketipusaat membeli HP dimarketplace, padahal uang tersebut hasil mengumpulkan dari usaha. Tetapi tidak menyerah,karenamerasaberwirausahaadalahpasionku. sertamemilikisupportsistemyangbaik Q:Bagaimanamarketingnya? A : Punya list untuk bulan yang akan datang mengenai promo. contoh tebus murah jilbab jokowi, digunakanpromountukpemilu.visitbutik,reviewdaripelangganbutik.giveaway,sertareseller.punya mintenancedireseller,untukdibimbinghinggadapatberjualan. Q:Berapakaryawanyangdimilki? A:Karyawan10.Recruitmentawal-awalmelaluilowongandiOLX.dapatdariteman,saudara.semakin kesinimengiklankanuntukmencarilowongankerjaberbayardilowker. Q:Apakahpernahmerasagagal? A:Kalaugagalyangterpuruktidak,namunlebihkegagaldalampembuatanproduksehinggaproduk tidakdisukai.produkgagaltersebutdapatdigunakanuntukgiveawaydanmasukkebudgetpromosiatau dapatdiendorselagisertauntukbazar Q:Agartidakraguuntukberwirausaha A: di Indonesia memiliki sangatlah banyak penduduk, jualan tidak hanya di instagram, dapat di marketplace.halinidapatmenjadipeluangusahadansangatlahtebukalebar.fokusdiusaha,tidakusah fokus pada followers yang dimiliki. kadang maju mundur berjualan karena ilmunya kurang, tidak mendalami dunia usaha, jadi ikutlah pelatihan supaya menambah wawasan. lakukanlah hal-hal yang beradadanperbanyakilmusertamencarilamgkah-langkahnya.

40TENAMAGAZINE


Profile for TENA Magazine

MODEST FASHION: STYLYSH WITH MODEST FASHION VOL 3 EDISI 9  

paramita mirna hikmah nidaul husna yana yasipa d dhestia suriandari anggriani apsari silviana dealivani nurika zahra m PENDIDIKAN TEKNIK BU...

MODEST FASHION: STYLYSH WITH MODEST FASHION VOL 3 EDISI 9  

paramita mirna hikmah nidaul husna yana yasipa d dhestia suriandari anggriani apsari silviana dealivani nurika zahra m PENDIDIKAN TEKNIK BU...

Advertisement