Page 1

apa hubungan

STRESS dengan Nyeri Lambung?

Sakit di bagian perut atau nyeri ulu hati sering disebut orang awam sebagai sakit maagh. Tentunya bukan hal asing lagi bukan dengan penyakit satu ini. Biasanya sakit ini disebabkan karena peningkatan kadar asam lambung diatas batas normal atau karena bacteri helicobater yang ada di lambung. Namun, ternyata penelitian menunjukkan tingkat stress juga dapat menyebabkan terjadinya nyeri pada ulu hati. Nah pada penasaran kan kenapa stress memicu nyeri ulu hati? Yuk simak jawaban lengkapnya di bawah ini! Bagaimana proses yang terjadi di lambung itu? Lambung yang sehat memiliki penghalang lendir (mucous barrier) yang mencegah asam lambung di dalamnya kontak lansung dengan lapisan permukaan lambung. Ribuan sel lendir dan kelenjar di dinding lambung terus-menerus memproduksi lendir untuk melindungi lapisan dalam (permukaan) dinding lambung. Pada prinsipnya di sana ada sistem keseimbangan, antara faktor perusak dan penyembuh. Di mana Asam lambung yang bersifat keras (perusak) tidak dapat melukai lambung akibat adanya barrier atau pelindung tadi. Dan

lambung, akan dengan cepat memperbaharui diri. Pada gastritis atau sakit maag dan masalah yang terkait dengannya, keseimbangan ini tidak berjalan dengan baik. Sebagai hasil akhirnya lapisan lambung termakan oleh asam lambung dan menjadi rusak bahkan sampai menyembabkan adanya tukak atau luka pada lambung. Terkadang sistem barier pelindung dalam kondisi yang normal-normal saja, akan tetapi ketika asam lambung diproduksi secara berlebihan atau sangat asam dapat membuat lapisan mukosa lambung rusak. Ternyata Stress sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk ia dapat mempengaruhi asam lambung. Jadi stress bisa menjadi penyebab sakit maagh atau kekambuhan karena stress dapat meningkatkan produksi asam lambung. Di samping itu, para ahli menemukan bahwa stress dapat merangsang area tertentu pada otak yang meningkatkan sensitifitas terhadap nyeri, termasuk nyeri uluhati. Jadi meskipun asam lambung tidak begitu meingkat, namun bagi orang yang lagi stress itu akan lebih terasa sakit.


Alasan lainnya kenapa stress menyebabkan sakit maag, karena stress dapat menurunkan kadar hormon prostaglandin yang memiliki fungsi membantu memperkuat barrier yang melindungi lapisan lambung dari Asam lambung. Selain stress, berikut beberap faktor penyebab sakit maag yaitu:

Selain pengobatan medis seperti di atas, mengendalikan stress akan menjadi faktor utama kesembuhan dan mencegah kekambuhan apabila memang penyebab utama sakit maagh Anda adalah stress. Stress memang tidak dapat dihindari namun bisa kita kontrol sendiri. Stress bisa dikontrol dengan mengalihkan perhatian kita ke sesuatu 1. Konsumsi (Obat non-steroid anti-in yang kita sukai seperti melakukan hobby, flammatory) NSAID refreshing, dan olahraga. Dengan menja2. Penggunaan alkohol dan obat-obatan ga pola hidup yang sehat dan mengonterlarang Antibiotik tertentu. trol stress maka mag pun dapat 3. Merokok Infeksi bakteri dihindari. Memang mag bukan penyakit Helicobacter pylori (H.pylori) kegawatdaruratan medis namun gejala nya sangat mengganggu aktivitas harian Bagaimana Cara Mengobati Sakit kita. Nah pasti nggak pengen kan hari Maagh Seperti Ini? kita menjadi rusak hanya karna maagh. Secara umum, sakit maag dapat diobati dengan menempuh langkah-langYuk ubah kebiasaan buruk mu menjadi kah berikut ini: lebih baik. Sakit mag hilang hidup pun jadi tenang! 1. Obat-obatan Antasida untuk menetral kan asam lambung saat sangat asam atau lebih. 2. Proton pump inhibitor dan H2-blocker untuk mengurangi sekresi asam lambung. 3. Antibiotik untuk H.pylori pemberantas an ketika infeksi hadir. 4. Gaya Hidup juga berpengaruh terhadap sekresi asam lambung. 5. Makanlah sedikit-sedikit tapi sering 6. Jangan sampai telat makan. 7. Hindari makanan yang merangsang sekresi asam lambung dan bersifat iritatif seperti Pedas, Asam, Kopi, dan minuman bersoda serta makanan ber lemak. 8. Mengendalikan Stress Stress memang tidak bisa kita hindari, tetapi hal ini bisa kita kendalikan.

stress dapat menyebabkan nyeri pada lambung