Page 1

SCREEN

K

Disusun Oleh: Abdul Hafiz Hilman 20064650088 CETAK SABLON Sumber buku: Panduan Praktis Cetak Sablon Oleh Guntur Nusantara | KAWAN PUSTAKA

ain Gasa atau lebih dikenal dengan sebutan Screen adalah kain yang digunakan untuk mencetak gambar pada benda yang akan disablon. Kain ini berpori-pori dan bertekstur sangat halus hingga

menyerupai kain sutera. Lubang pori-pori pada kain Screen ini berfungsi menyaring dan menentukan jumlah tinta yang keluar.

Berdasarkan tingkatan tebal tipisnya tinta sablon yang akan tercetak, kerapatan lubang pori-pori kain Screen secara umum dibagi menjadi 3 macam sebagai berikut.

1. Screen Kasar (48 T – 90 T) Screen ini memiliki lubang pori-pori cukup besar, sehingga mampu meyalurkan tinta dalam jumlah cukup banyak. Screen kasar memiliki nomor kerapatan 48 T – 90 T (T = thick, ketebalan benang-benang screen). Screen jenis ini cocok untuk segala macam pekerjaan cetak sablon. Semakin besar nomor kerapatan screen, kerapatan lubang pori-porinya semakin tinggi, dan permukaan screen-nya semakin halus. Screen ini umunya digunakan untuk menyablon bahan atau benda-benda yang cukup banyak menyerap cat, seperti kain tekstil. Karena itu, agar kualitas cetaknya sempurna pada bahan ini maka gunakan screen kasar.

2. Screen Sedang (120 T – 150 T) Screen sedang memiliki tingkat kerapatan lubang pori-pori agak rapat. Screen ini biasanya digunakan untuk menyablon bahan atau benda-benda yang tidak terlalu menyerap cat, seperti berbagai jenis kertas dan kulit imitasi. Untuk menyablon benda-benda berkarakter demikian, gunakan Screen dengan nomor ini.


3. Screen Halus (165 T – 200 S) Screen halus memiliki lubang pori-pori yang sangat kecil, tingkat kerapatan lubang pori-porinya cukup tinggi, sehingga screen ini hanya dapat menyalurkan tinta dalam jumlah sedikit. Di pasaran, screen tipe ini tersedia dengan nomor kerapatan 165 T – 200 S (S = small [thin], benang-benang screen tipis). Screen jenis ini cocok untuk menyablon objek gambar yang memiliki nada lengkap, raster (halftone), dan gambar-gambar orang. Media yang bisa disablon dengan screen ini adalah benda-benda yang tidak menyerap cat, seperti logam, plastik, mika, dan aneka barang pecah belah (piring, gelas, dan keramik).

Nomor Screen Untuk Menyablon Beberapa Jenis Bahan

- Screen 48 T – 55 T

Untuk selimut, handuk, dan karung

- Screen 62 T

Untuk lem stiker floating

- Screen 77 T

Untuk kaos, dan spanduk

- Screen 90 T

Untuk kaca dan jenis kain tekstil

- Screen 120 T

Untuk karton, seng, kayu, kulit

- Screen 150T

Untuk mika, stiker, imitasi

- Screen 165 T

Untuk barang pecah belah, & logam

- Screen 180 S

Untuk plastik dan jenis kertas halus

- Screen 200 S

Untuk mencetak raster

DKV UNINDRA | FIZZ-LABZ

Shablon  

tentang screen pada sablon