Page 1

Buku Saku Desain Grafis

Dirancang dan ilustrasikan oleh:

Martinus Michael


Buku Saku Desain Grafis

Dirancang dan ilustrasikan oleh:

Martinus Michael


Keep Calm Quicksand Futura Bold


Kata Pengantar Puji Syukur kepada Tuhan yang Maha Esa karena berkatnya Buku Saku Desain GraďŹ s ini dapat diselesaikan. Terima kasih juga untuk Bapak Zamzami Almakki dan Kakak Yoel Moeljono atas pengajaran dan bimbingannya selama ini. Buku ini saya buat sebagai tugas akhir dari mata kuliah Digital Publishing III.

1


Daftar Isi Definisi Desain

04

Definisi Desain Grafis

06

Fungsi Desain Grafis

10

Proses Umum Mendesain dalam Desain

20

Grafis Bidang Desain Grafis

28

Tokoh Desain Grafis

42

Profil Perancang Buku Saku

44


3


Definisi Desain DDimarco (2010:28) dalam bukunya mengemukakan bahasan mengenai “Design as a Problem-Solving Toolâ€? yakni bahwasanya desain merupakan dua hal yang keduannya saling berkaitan; sebagai proses (process) dan alat (tool). Desain sebagai proses berakar pada kata kerja (verb) yang menunjukkan suatu aktiďŹ tas, yakni: mendesain (to design), menyusun (to conceive), menciptakan (to invent), pemecahan masalah (create to solve a problem).

5


Definisi Desain Grafis LLanda

(2011:2) dalam bukunya “Graphic Design

Solutions� sebuah

mengartikan

bidang

dari

desain

graďŹ s

Komunikasi

sebagai

Visual

yang

digunakan untuk menyampaikan sebuah pesan atau informasi kepada audien; yang merupakan representasi visual dari sebuah gagasan (idea) yang mengedepankan penciptaan (creation), pemilahan (selection) dan pengorganisasian (organization) dari elemen-elemen visual.

7


Desain graďŹ s atau biasa dikenal sebagai desain komunikasi, adalah seni dan praktik dari perencanaan dan memproyeksikan ide atau gagasan dan pengalaman dengan konten visual dan tekstual. Bentuk komunikasi bisa bersifat ďŹ sik atau virtual, berupa gambar, kata atau graďŹ s.

Juliette Cezzar – Aiga.org

8


9


Fungsi Desain Grafis MMemecahkan

masalah informasi, identitas, dan

persuasi terkait bidang sosial, ekonomi, politik, tradisi, agama dan kebudayaan.

11


12


Design for protest: Graphic design gives a visual voice to the social and political concerns of the day.

Alice Themlow

13


The purpose of graphic design is to move people to action or to inform them. If part of that role is to create a benign social environment, so much the better.

Andrew Sloat, Drainage Ditch, New York Us

14


15


Graphic design is for business success. Graphic design is for therapy. Graphic design is for sale. Graphic design is for art and science. Graphic design is for artist not thinkers. Graphic design is for directing energy. Graphic design is for the rich.

16


Graphic design is for kids who can’t draw. Graphic design is for solving complex problems. Graphic design is for a lifetime. Graphic design is for landďŹ ll. Graphic design is for allowing the audience to participate in the process of communication. Graphic design is for users. Graphic design is for reference only.

17


Graphic design is, for me, the beauty of life itself. Graphic design is for servicing your concept. Graphic design is for identiďŹ cation, information, presentation, and promotion. Graphic design is for costumer. Graphic design is for women only. Graphic design is for chain reaction.

18


Graphic design is for misbehaving. Graphic design is for your marketing collateral. Graphic design is for the revolution. Graphic design is for love and money. Graphic design is for making information, ideas, and feelings tangible. Graphic design is for happy servants. Graphic design is for me. Graphic design is for everyone. Graphic design is for real.

19


20


Proses Umum Mendesain dalam Desain Grafis MMenurut Landa (2011:77) dalam bukunya “Graphic Design Solutionsâ€? terdapat lima tahapan proses umum mendesain dalam desain graďŹ s, yakni: 1. Orientation / Material Gathering 2. Analysis / Discover / Strategy 3. Concept 4. Design 5. Implementation

21


Proses dalam memahami masalah, lini bisnis klien dan organisasi, produk, jasa atau grup.

22


Proses memeriksa kembali atas apa yang telah diketahui dan dipahami untuk menghasilkan pemahaman yang terbaik, menilai, menyusun strategi dan menyelesaikan masalah. 23


Proses berpikir kreatif yang mendasari perancangan desain. Ide yang dihasilkan memandu dan menentukan apa yang didesain dan bagaimana mendesainnya.

24


Proses mengkomunikasikan solusi dari masalah.

25


26


Proses mewujudkan solusi dari masalah ke dalam media yang telah ditentukan.

27


BIDANG DESAIN GRAFIS 28


Bidang Desain Grafis 1. Advertising 2. Branding 3. Identity design 4. Environmental graphic design 5. Information design 6. Interactive or experience design 7. Motion graphic 8. Packaging design 9. Promotional design 10. Publication design 11. Typographic design 12. Mass media

29


Periklanan / pariwara merupakan bidang yang menghasilkan dan menciptakan pesan visual dan verbal secara khusus yang ditujukan untuk menginformasikan, membujuk, mempromosikan, memprovokasi, atau memotivasi orang atas nama merek atau kelompok.

30


Program yang komprehensif dan strategis dari sebuah brand atau grup (baik proďŹ t maupun non-proďŹ t) yang termasuk di dalamnya merancang brand, brand name, brand identity, package design, environmental graphic design, website dan sejenisnya yang berbasis layar, promotional design dan advertising.

31


Desain identitas atau identitas merek merupakan program perancangan visual dan verbal secara sistematis untuk merek atau kelompok dengan tujuan untuk membangun tampilan visual yang konsisten dan memiliki kepribadian. 32


Dapat berupa promosi, informasi atau identitas dalam sebuah konstruksi atau lingkungan alami. Termasuk juga di dalamnya pendeďŹ nisian dan penandaan dari sebuah ruang interior maupun eksterior komersial, pendidikan, lingkungan budaya, perumahan, dan alam.

33


Bidang desain yang secara khusus memvisualisasikan informasi yang sangat kompleks dan dilihat oleh banyak orang.

34


Bidang desain graďŹ s dan iklan untuk media berbasis layar; termasuk di dalamnya web, mobile, widget, kiosks, digital-out-of-home, CD / DVD yang termuat di dalamnya aplikasi sehingga bisa berinteraksi.

35


Komunikasi visual bergerak berurutan, berdurasi dan berbasis layar. Termasuk di dalamnya ďŹ lm title design, TV graphic design, tayangan pembuka, mobile motion graphic, presentasi promosi di berbagai layar.

36


Perancangan yang strategis dalam merancang bentuk, struktur, dan tampilan dari sebuah produk yang berfungsi sebagai cangkang (casing), promosi, penyajian informasi dan menjadi brand experience.

37


Program dalam mengenalkan, mempromosikan, menjual merek (produk dan jasa), gagasan-gagasan, acara, berikut juga untuk mengenalkan dan mempromosikan kelompok.

38


Desain konten editorial untuk cetak ataupun layar. Desainer untuk publikasi menjadi konten dapat diakses, menafsirkan konten, meningkatkan komunikasi, meningkatkan pengalaman membaca, menciptakan ketertarikan visual, dan menetapkan suara, karakter, struktur untuk publikasi.

39


Bidang yang sangat khusus dalam desain graďŹ s yang berfokus pada merancang huruf dan pengaplikasiannya.

40


Bidang luas yang terkait dengan massa, seperti media cetak surat kabar dan majalah, surat kabar dan majalah berbasis layar hingga ďŹ lm.

41


42


Profile for Martinus Michael

Buku Saku Desain Grafis  

Tugas Mata Kuliah Digital Publishing III (Universitas Multimedia Nusantara)

Buku Saku Desain Grafis  

Tugas Mata Kuliah Digital Publishing III (Universitas Multimedia Nusantara)

Advertisement