Page 1

Feb’ 2018

Salam Manajemen

SELAMAT TAHUN BARU 2018! Saat memasuki tahun baru, kita biasanya menggunakan kesempatan ini untuk melakukan refleksi dan mengkalibrasi ulang kompas hidup kita untuk menentukan kemana arah dituju agar kita tidak melenceng dari jalan yang telah dipilih. Upaya ini biasanya diikuti oleh harapan tinggi bahwa tahun ini akan jauh lebih baik dari pada sebelumnya. Tahun ini London School of Public Relations-Jakarta akan mengalami perubahan besar berkenaan dengan rencana program dan kampus baru. Peletakan batu pertama pembangunan Kampus LSPR-Jakarta di Trans Park Bekasi tahun lalu menjadi simbol bahwa kampus tercinta kita ini akan selalu merevitalisasi diri untuk menjadi sebuah perguruan tinggi yang selalu mengikuti perkembangan jaman dan tuntutan masyarakat demi mencapai visi kita, yaitu

menjadi panutan dalam pengembangan dan penerapan ilmu komunikasi dan diakui secara internasional. Keinginan dan tindakan untuk bertransformasi ini dapat menghindarkan kita dari apa yang disebut Velben sebagai trained incapacity, yaitu suatu keadaan dimana keunggulan seseorang membutakannya. Hal ini berakibat pada kegagalan dalam melihat perubahan sekitar sehingga orang/lembaga tidak merasa perlu untuk mengubah diri dan beradaptasi. Lebih lanjut, perubahan yang sedang kita lakukan merupakan sebuah upaya agar kita tidak terpenjara oleh keunggulan kita dan selalu dapat responsif terhadap perubahan yang terjadi. Dukungan seluruh elemen lembaga tercinta kita ini merupakan modal besar dalam mengantisipasi dan mengelola isu dan problem yang muncul. Oleh karena itu, kekompakan di lingkungan internal LSPR-Jakarta harus terus kita jaga dan perkuat. Sekali lagi, tantangan dan cobaan di depan memang tidak mudah. Namun dengan semangat kerja sama sebagai entitas “Satu LSPR-Jakarta,� kepercayaan diri yang kuat, dan izin Tuhan Yang Maha Kuasa, kita insya Allah akan mampu melaluinya untuk masa depan yang lebih cemerlang. Selamat berkarya. Salam Satu LSPR-Jakarta Rudi Sukandar, Ph.D Director of PGP Thesis Bureau

| 1


What’s New

MEDIA BARU LSPR

S

aat ini LSPR memiliki media baru bagi para mahasiswanya yaitu LXPR. Melalui media ini maka diharapkan dapat menjadi wadah bagi karya kreatif para mahasiswa kampus dalam satu konvergensi portal. LXPR sendiri dapat diakses melalui lspr.edu/lxpr. Program ini berfokus pada mahasiswa-mahasiswi yang aktif dalam kegiatan klub LSPR TV, LSPR News dan LSPR Radio. Ketiga unit kegiatan mahasiswa di atas membahas akan melaporkan seputar kegiatan LSPR berikut memamerkan hasil karya/ kreativitas mereka kepada publik melalui website ini. Selain LXPR, LSPR juga memiliki Beyond Radio, Radio dengan metode Live Streaming. Siaran Beyond Radio dapat dinikmati melalui siaran langsung di YouTube dan tersedia dalam video on demand bagi yang tidak dapat mendengarkan saat siaran langsung. Beyond Radio bertujuan untuk menginspirasi dan menginovasi anak muda di dalam dunia bisnis melalui program: Professionalism, Entrepreneurship dan MetaCraftsmanship.

2 |

Beyond Radio yang studionya terletak di Kampus C, LSPR Jakarta, diluncurkan pada Januari 2018. Dari tiga program utama, yaitu Professionalism, Entrepreneurship dan Meta-Craftsmansip, Beyond Radio juga memiliki sub-program, salah satunya, Professionals Story, yang akan mengundang para profesional dalam bidangnya dan akan berbagi tips sukses. Ada juga program Jump Startups, yang akan mengundang para startups untuk berbagi pengalamannya dalam mengatur dan menjaga stabilitas usahanya. Kemudian, dalam program Meta-Craftsmanship, Beyond Radio akan mengundang para pembuat produk yang nantinya akan menceritakan tentang proses pembuatan “handmade products�. Selain itu, Beyond Radio akan mengundang komunitas tertentu dengan tujuan untuk mengetahui tren apa yang sedang terjadi serta membantu anak muda pelaku bisnis menemukan target pasarnya yang baru. Masih banyak subprogram lainnya yang akan menginspirasi anak muda dalam berbisnis.


HRD News

INFORMASI BPJS KESEHATAN BPJS Kesehatan dalam upayanya memperbaiki sistem dan meningkatkan pelayanannya selalu melakukan perubahan/perbaikan dari waktu ke waktu dengan/tanpa pemberitahuan kepada PIC BPJS Kesehatan di Perusahaan/ Badan Usaha. Dibawah ini adalah tambahan informasi dimaksud. BPJS Kesehatan adalah Jaminan Kesehatan Nasional yang ditetapkan oleh negara untuk seluruh rakyat Indonesia. BPJS Kesehatan berlaku untuk di Fasilitas Kesehatan (Faskes) I hingga Faskes III, yang mencakup: Puskesmas, Dokter Praktik Perorangan, Rumah Sakit, Dokter Gigi, Klinik Utama, Klinik Pratama, dan Apotik yang bekerjasama dengan BPJS Kes. Di Jakarta saja ada 108 provider BPJS Kes. Untuk mengetahui provider BPJS Kes. lokal dan nasional, dapat dicari lewat website BPJS Kes.: http://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/ Perawatan pasien BPJS Kes. terdiri dari 2 kategori: 1. Non Gawat Darurat: Pemeriksaan harus ke Faskes I yang sudah dipilih oleh peserta BPJS Kes. Jika diperlukan tindakan spesialistik oleh dokter spesialis, maka pasien akan dirujuk oleh Faskes I ke Rumah Sakit terdekat yang bekerjasama dengan BPJS Kes. 2. Gawat Darurat: Jika peserta BPJS Kes. dalam kondisi gawat darurat, peserta bisa langsung dibawa ke RS mana saja dan dimana saja, tidak perlu RS yang menjadi provider BPJS Kes. dan tidak perlu ada surat rujukan dari Faskes I. Pasien harus lapor/dilaporkan ke kantor BPJS Kes. terdekat dalam

waktu 1 x 24 jam. Hal lain-lain: - JIka peserta/anggota BPJS Kes. mengalami sakit, namun Faskes I yang menjadi pilihannnya tutup, maka pasien dapat mencari pengobatan ke Puskesmas/Rumah Sakit yang menjadi provider BPJS Kes. terdekat. - Bagi karyawan yang baru menikah, agar segera membuat dan menyerahkan Kartu Keluarganya (KK) dan KTP suami dan istri ke Bagian Personalia untuk didaftarkan menjadi anggota BPJS Kes. - Bagi anak karyawan yang sudah berusia 21 th, sistem BPJS Kesehatan akan menghapus secara otomatis nama anak tersebut tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada perusahaan, maka apabila anak karyawan masih kuliah mohon melaporkan ke bagian personalia disertai membawa surat keterangan kuliah untuk didaftarkan BPJS Kesehatannya kembali. - Bagi anak karyawan yang berusia kurang atau lebih 21 tahun tetapi sudah menikah maka keanggotaan BPJS Kesehatan akan lepas dari kepesertaan BPJS Kesehatan orang tuanya walaupun anak tersebut masih kuliah. - Pada proses persalinan dengan operasi caesar, biaya operasi ditanggung oleh BPJS Kes. jika persalinan dilaksanakan di Rumah Sakit yang menjadi Provider BPJS

| 3


HRD News Kes. BPJS Kes. tidak menanggung biaya persalinan normal. - Bagi karyawan yang mendapat tambahan anggota keluarga baru (anak), agar segera membuat KK baru dan menyerahkan KK + Akte Kelahiran anak ke Bagian Personalia untuk didaftarkan menjadi anggota BPJS Kes. - Bagi karyawan yang KK dan KTPnya dari daerah lain, maka KK dan KTP daerah tidak perlu diubah sesuai dengan domisili saat ini, namun Faskes I dapat diubah sesuai permintaan karyawan. Karyawan agar melaporkan ke Bag. Personalia untuk diurus perubahan Faskesnya. Dalam satu KK, diperbolehkan untuk berbeda Faskes I. - Bagi karyawan yang memegang kartu ASKES daerah, dapat melaporkan ke Bagian/Loket ASKES di BPJS Kesehatan terdekat untuk minta perubahan Faskes I sesuai domisili saat ini.

4 |

- Jika pengurusan KK untuk perubahan status dan/atau penambahan anak membutuhkan waktu lama, maka disarankan agar karyawan mendaftarkan suami/istri/anaknya menjadi Peserta BPJS Kes. Mandiri agar anggota keluarga baru ini tetap dalam kondisi dilindungi oleh BPJS Kes. - LSPR tidak menanggung biaya rumah sakit bagi karyawan atau keluarganya jika tidak mengurus kepesertaan BPJS Kesehatan. Selama proses mutasi hingga berhasil untuk perubahan dari kepesertaan BPJS Kes. Mandiri ke Kepesertaan BPJS Perusahaan, maka biaya iuran Mandiri menjadi tanggung jawab karyawan. Untuk menjadi Peserta BPJS Kes. sesuai aturan pemerintah, diwajibkan membayar iuran: oleh perusahaan 4% dan oleh karyawan 1%. Sangat disayangkan jika pelayanan kesehatan ini tidak digunakan secara maksimal, jika dibutuhkan.


HRD News

Selamat atas Kelahiran • Putri dari Mr. Slamet Widodo (Staff Lembaga Sertifikasi Profesi - LSPR) yang bernama Khanza Almahyra Widodo, tgl. lahir : Jumat, 20 Oktober 2017. • Putri dari Mr. Firman Ardianto (Staff Technical Production) & Ms. Inna Setiowati (Maintenance Crew) yang bernama Adila Setia Ardani, tgl. Lahir : Senin, 20 November 2017. • Putri dari Mr. Achmad Sultani (Creative & Publication Manager) yang bernama Aishafura Muska Achtani, tgl. Lahir : Jumat, 24 November 2017.

Selamat atas Pernikahan • Muhamad Sukarno Hata (Maintenance Crew) & Yunita Fitriyah Akad Nikah: Minggu, 27 Agustus 2017. • Hadriyan (Administration Clerk LSA) & Ernawati Akad Nikah: Sabtu, 02 September 2017. • Siti Sarah (Senior Staff of Accounting Department) & Firman Adianto Akad Nikah: Minggu, 03 Desember 2017. • Rausalia Sapta Pratiwi (Marketing Executive Officer UGP) & Dr. Dedi Kurnia Syah Putra, Akad Nikah: Jumat, 15 Desember 2017.

Berita Duka .

Ibu Mira Puspa Dewi, orang tua dari Mr. Teguh Satria Ikhsan (Maintenance Crew Trocadero) tanggal 04 November 2017 Pukul 13.20 WIB dimakamkan di Villa Cinere Mas, Jl. Matahari Barat 1, Blok M2 No.9, Pisangan, Ciputat Timur, Tangerang Selatan.

.

Ibu Hj. Adlina Amir Hamzah, orang tua dari Ms. Vanny Adriani (Assistant Director UGP & QA Manager) & Mr. Muhammad Wanadli Rivan (Staff-Thesis Administration) tanggal 05 Desember 2017 Pukul 08.30 WIB dimakamkan di Alahan PanjangSumatera Barat.

| 5


HRD News

Rotation/Promotion Staff & Management of LSPR - Jakarta Nama

Mery Raisa, M. Si.

Jabatan Lama

Jabatan Baru

Senior Academic Administration Staff

Academic Coordinator of LSPR E-Learning Programme

Tgl Efektif 1 November 2017

Status

Promotion

New Staff & Management of LSPR - Jakarta Nama

Jabatan

Tgl Efektif

Status

Riyan Vernita

Administration Staff- Personnel Division

2 Oktober 2017

Sherry Dewandari

Staff- PGP Academic dan Personal Asst.​ -​ PGP Direct​or

1 November 2017

Karyawan Baru

Jessica Anrina

Staff​-Student Service

1 November 2017

Karyawan Baru

Dewi Masitoh

Staff-Finance Administration

1 November 2017

Karyawan Baru

Adinda Ayu Sasqia Putri

Administration S​taff-​IRPO dan Marketing Coordinator​-​IRPO

1 November 2017

Karyawan Baru

Kartini Dwi Sartika

Staff-Corporation Reputation Departement

6 November 2017

Karyawan Baru

Karyawan Baru

Resign Staff & Management of LSPR - Jakarta Nama

6 |

Jabatan

Hanny Marlini, M. Si.

Staff-Student Service

Rezza Martadinata R

Digital Community Coordinator


T & D News

CALL FOR PAPER Beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada tanggal 7 – 8 Desember 2017, bertempat di Grand Sahid Jakarta, STIKOM The London School berpartisipasi dalam Konferensi yang diadakan oleh Ikatan Sarjana Komunikasi (ISKI) Konferensi Nasional Komunikasi 2017. Adapun Dosen yang berpartisipasi mengikuti Konferensi dan diterima penulisannya adalah : • Ms. Chrisdina Wempi, M.Si Judul Tulisan “Penggunaan Model Sebagai Medium Komunikasi Pemasaran ditinjau dari Teori Masyarakat Konsumsi”. • Ms. Yuliana Riana P., MM dan Ms. Rani Chandra Oktaviani, M.Si Judul Tulisan “Implementasi Sinergi Humas Pemerintah Indonesia Pasca Penetapan Inpres No. 9 Tahun 2015”. • Dr. Rino Febrianno Boer, SE, SH. MM, Judul Tulisan “Komunikasi Reputasi Perusahaan Online”. • Mr. Deddy Irwandy, S.Soc, M.Si Judul Tulisan “Dakwah Sebagai Komunikasi Publik”. • Dr. Joe Harrianto Setiawan Judul Tulisan “Evolusi Majalah Gadis dalam Beradaptasi Terhadap Perubahan Struktur Pasar Media di Indonesia”. • Mr. Taufan Teguh Akbari, M.Si Judul Tulisan “Personal Branding Generasi Millenial Sebagai Korban Cyberbullying pada Akun Instagram dan Ask Fm di Jakarta”.

| 7


T & D News

PUBLIC TRAINING/WORKSHOP/SEMINAR • Ibu Prita Kemal Gani, MBA, MCIPR, APR – Founder and Director Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi The London School of Public Relations Jakarta (STIKOM LSPR), Dr. Andre Ikhsano – Deputy Director 1 dan Mr. Taufan Teguh Akbari, M.Si – Dean of Department Business Studies mengikuti Kuliah Umum “Revolusi Pendidikan Tinggi Dalam Menghadapi Era Teknologi Disruptif” oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo yang di selenggarakan oleh APTISI pada tanggal 29 November 2017 bertempat di Universitas Esa Unggul. • Mr. Deddy Irwandy, M.Si – Deputy Director II LSP – LSPR mengikuti Sosialisasi “Perubahan ISO 9001 : 2008 Menjadi ISO 9001 : 2015” yang diselenggarakan oleh SGS Jakarta pada tanggal 26 Oktober 2017 yang bertempat di Office SGS Jakarta. • Mr. Dana Sumirat – Radio Station Manager mengikuti Workshop “Mempertahankan Kredibilitas Media di Era Digital ” yang diselenggarakan oleh VOA Affiliates Conference 2017 pada tanggal 30 Oktober 2017 – 1 November 2017 yang bertempat di Best Western Premier Solo Baru. • Dr. Ari Santoso Widodo – Executive Programme Director of LSPR E-Learning mengikuti Seminar “ Bagaimana Perguruan Tinggi Bersaing dengan Kompetitif di Era Digital ” yang diselenggarakan oleh Kopertis Wilayah III pada tanggal 2 November 2017 yang bertempat di Ruang Ki Hajar Dewantara Lantai 2, Gedung Kopertis Wilayah III, Jakarta. • Ms. Yuliana Riana P., MM – Head of Community Service Centre & Head of Centre for ASEAN Public Relations Studies dan Mr. Arif Susanto – Head of Research Centre mengikuti Workshop “Lokakarya Penguatan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat” yang diselenggarakan oleh Kopertis Wilayah III pada tanggal 7 November 2017 bertempat di Hotel Santika – Taman Mini Indonesia Indah. • Mr. Taufan Teguh Akbari, M.Si – Dean of Department Business Studies dan Ms. Dewi Rachmawati, M.Si – Deputy Head of Career Centre mengikuti Workshop “ National Start up Summit 2017 ” yang diselenggarakan oleh Kopertis Wilayah III pada tanggal 28 November 2017 bertempat di Ruang Ki Hajar Dewantara Lantai 2, Gedung Kopertis Wilayah III, Jakarta. • Ms. Rizka Septiana, M.Si - Deputy Head of Media Relations of CRD dan Ms. Aprida Mardelina Sihombing, M.Si - Senior Manager of CRD mengikuti Konvensi Nasional Humas (KNH) yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Hubungan Masyarakat (PERHUMAS) pada tanggal 27 – 28 November 2017 yang bertempat di IPB Convention Centre Bogor. 8 |


LSA News PELATIHAN INTERNAL COMMUNICATION UNTUK ANGKASA PURA II

PELATIHAN SEKOLAH, STAFF DAN PIMPINAN KEMLU (SESPARLU) ANGKATAN KE-57

Pada tanggal 06 October 2017, London School Academy memberikan pelatihan kepada Angkasa Pura II dengan tema “Internal Communication” bertempat di LSPR Bali. Pembicara dalam pelatihan ini adalah Dr. Lestari Nurhajati dengan Topic Internal Communication.

Pada tanggal 6 dan 9 November 2017, London School Academy memberikan pelatihan kepada Kementerian Luar Negeri (KEMENLU) dengan tema “Public Relations and Crisis Public Relations and Opinion Public” bertempat di kantor KEMENLU. Pembicara dalam pelatihan ini adalah Mr. Nico.Wattimena, Ph.D. dengan topik Public Relations and Crisis, Mr. Ermiel Thabrani, MSi. dengan Topic Public Relations and Public Opinion, Mr. Tunggul Panindriya dengan topik Nation Branding and Communication in the age of New Media.

PELATIHAN PEMBEKALAN PRANATA HUMAS UNTUK LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL (LAPAN)

PELATIHAN PR UNTUK TVRI

Pada 23 - 27 October 2017, LSA memberikan pelatihan kepada Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dengan tema “Pembekalan Pranata Humas” bertempat di kantor LAPAN. Pembicara dalam pelatihan ini adalah Mr. Arno Kermaputra, M.Si dengan topik The Roles of Public Relations, Ms. Kiki Soewarso - Writing for Public Relations, Mr. Imanuel Hutagalung, M.Sc - Assertive Communications, Ms. Yunita P. Simatupang, M.Si - Service Excellent, Mr. Untung Subroto, M.Psi Personal Development Leadership and Communication Developing Yourself and Stress Handling, Dr. Lestari Nurhajati Internal Media Communication dan Ms. Elke Alexandrina, M.Sc - Communication Gap.

Pada 16 – 18 October dan 6 – 8 November 2017, LSA memberikan pelatihan kepada TVRI dengan tema “Public Relations for TV and Broadcasting” bertempat di kantor TVRI. Pembicara dalam pelatihan ini adalah Mr. Arno Kermaputra, M.Si -The Fundamental Roles of Public for a Business & Professional Grooming, Ms. Yunita Permatasari,M.Si - Public Relations Programme, Mr. Alexander Mamby Aruan, M.Si - The Fundamental Roles of Public Relations, Mrs. Indriati Yulistiani - Public Relations Programme, dan Mr. Gustav Aulia, M.Si - Public Relations for a Business.

| 9


LSA NEWS PELATIHAN CYBER SECURITY COMMUNICATION EFFECTIVE UNTUK LEMBAGA SANDI NEGARA (LEMSANEG) Pada tanggal 15 – 17 November 2017 dan 23 – 25 November 2017, London School Academy memberikan pelatihan kepada Lembaga Sandi Negara (LAMSANEG) dengan tema “Cyber Security Communication Effective” bertempat di Hotel Royal Padjadjaran, Bogor. Pembicara dalam pelatihan ini adalah Mr. Ermiel Thabrani, M.Si dengan Topic Cyber Security Communication Effective.

PELATIHAN SERVICE EXCELLENT UNTUK APOTIK DAN KLINIK NADISA

PELATIHAN PERSONAL DEVELOPMENT UNTUK 5ASEC INDONESIA

Pada tanggal 19 November 2017, London School Academy memberikan pelatihan kepada Apotik dan Klinik Nadisa dengan tema “Service Excellent for Pharmacy Industry” bertempat di Kantor Klinik Nadisa. Pembicara dalam pelatihan ini adalah Ms. Gracia Rahcmi, MM dengan Topic Service Excellent for Pharmacy Industry.

Pada tanggal 9 dan 16 Desember 2017, London School Academy memberikan pelatihan kepada 5ASEC Indonesia dengan tema “Personal Development” bertempat di Kantor 5ASEC Jakarta. Pembicara dalam pelatihan ini adalah Mr. Untung Subroto, M.Psi, dengan Topic Personal Development.

LSA ACTIVITIES GALLERY

10 |


FUN ACTIVITIES

LSPR LECTURERS AND MANAGEMENT NEW YEAR’S GATHERING 2018

D

alam rangka menyambut tahun baru, LSPR Jakarta mengajak para dosen dan manajemennya untuk berkumpul pada tanggal 3 Januari 2018 lalu. Bertajuk “LSPR Lecturers and Management New Year’s Gathering” yang dilaksanakan di Prof. Dr. Djajusman Auditorium & Performance Hall, Kampus B LSPR Sudirman Park Jakarta, kegiatan ini juga digunakan sebagai ajang memperbaharui informasi mengenai perkembangan LSPR. Setelah penampilan para dosen yang menamakan dirinya The Senior band, Ibu Prita Kemal Gani, MBA, MCIPR, APR (UK) melanjutkan acara dengan

mempresentasikan kampus tambahan baru yaitu LSPR Transpark. Dengan detail Ibu Prita menjabarkan mengenai kampus yang baru tersebut, berikut dengan fasilitas dan juga jurusan baru yang akan dibuka. Selain itu, perkembangan terkait Jenjang Jabatan Akademik Dosen juga disampaikan oleh Dr. Andre Ikhsano dan Informasi mengenai terbaru mengenai PGP turut disampaikan oleh Dr. Rino F. Boer. Acara ditutup dengan tukar kado, yang tentunya sudah dibawa masing-masing dosen dan manajemen dan secara serempak dibungkus dengan kertas Koran.

| 11


SHARE WITH US MENGELOLA LSPR Bali oleh: Lucky Mochamad Kharisma

L

ondon School of Public Relations Bali atau yang disingkat dengan LSPR Bali telah berdiri sejak tahun 2015 dengan mulai menjalankan program-program workshopnya. Pada awal berdirinya LSPR Bali berada di dua lokasi yaitu di Sekolah Tinggi Pariwisata Bali dan Marquee Alamanda Kedonganan Bali. Tahun 2016, LSPR Bali pindah ke Jalan Gatot Subroto Timur no 238, Denpasar - Bali. Di lokasi inilah LSPR melengkapi fasilitasnya dengan laboratorium computer dan beberapa ruang kelas. Oleh karena itu, program vokasional setara diploma 1 dan diploma 2 masing-masing dengan tiga jurusan yaitu: Public Relations, Marketing Communication dan Business International Relations pun dimulai. Pertengahan tahun 2017 LSPR Bali mulai membuka program e-Learning untuk S1 dengan dua jurusan yaitu Public Relations dan Marketing Communication. Saat ini LSPR Bali dikelola oleh lima orang tenaga kerja yaitu: Yackie selaku Manager LSPR Bali, Lucky Mochamad Kharisma selaku Marketing Coordinator, Kadek Dyah Paramitha selaku Administrasi Akademik, Hidayatullah selaku security dan Sakhuron selaku Maintanance. Hingga akhir tahun 2017 LSPR Bali telah beberapa kali melaksanakan event antara lain workshop, mentoring, gathering, Uji Kompetensi Kehumasan, London School Academy. Event-event yang diselenggarakan ini menambah semarak aktifitas di tengah kegiatan perkuliahan dan sosialisasi untuk memperkenalkan program-program LSPR Bali.

No

12 |

Nama Kegiatan

Tanggal Pelaksanaan

Penyelenggara

1

Bali Workshop with HSE (Rusia)

19-24 April 2017

LSPR Jakarta

2

Workshop dan UKH LSP Pertamina

4-5 Mei 2017

LSP LSPR

3

LSPR Gathering

02 Juni 2017

LSPR Jakarta

4

Bali Workshop with BNU (Beijing)

17-18 Juli 2017

LSPR Jakarta

5

Peresmian Sekretariat DPP IHGMA

28 Juli 2017

LSPR dan IHGMA

6

Workshop dan UKH LSP Pertamina

23-24 Agustus 2017

LSP LSPR

7

Bali Workshop & Mentorship

20,23,25-30 September 2017

LSPR Jakarta

8

In House Training with Angkasa Pura II

6 Oktober 20174

LSA LSPR Jakarta


SHARE WITH US Dalam melaksanakan event LSPR Bali berkoordinasi dengan LSPR Jakarta, LSP LSPR, LSA maupun pihak eksternal seperti Indonesian Hotel General Manager Association. Hal-hal yang perlu dipersiapkan maupun dikoordinasikan antara lain: - Venue dan Rundown Acara - Transportasi untuk Panitia, Speaker dan Peserta/Mahasiswa berikut jadwal penjemputan dan pengantaran - Akomodasi/Hotel sesuai preference/rekomendasi - Dinner & Entertainment - Catering selama berlangsungnya even - Tour, Rafting dan aktifitas outbound Merupakan kebanggaan dapat berkarya di London School of Public Relations. Hubungan kerja yang harmonis, kekeluargaan dan saling menghargai namun tetap bekerja secara profesional. Berharap LSPR Bali akan dapat terus berkembang hingga sebesar LSPR Jakarta.

“LSPR BALI EVENT GALLERY�

Peresmian Sekretariat IHGMA

Bali Workshop _ Mentorship Programme September 2017

Collaboration Workshop with HSE Rusia

LSPR Gathering 2 Juni 2017 bersama Dr. Janette M. Pinariya

In House Training Angkasa Pura II

In House Training Angkasa Pura II

UKH Pertamina

| 13


ENGLISH FOR FUN BEGINNER (PEMULA) Answers to  last   edi.on’s  quizzes   Exercise  1   1.  are     2.  is   3.  are   4.  is   5.  are   6.  is   7.  am   8.  are   Exercise  2   1.  is   2.  is   3.  are   4.  are   5.  is   6.  Is   7.  is   8.  are   9.  are   10.  Is   Exercise  3   1.  There  is   2.  There  are   3.  There  is   4.  There  are   5.  There  is   6.  There  are   7.  There  are   8.  There  is  

14 |


ENGLISH FOR FUN

| 15


HEALTHY TIPS MENGHINDARI EFEK RADIASI TELEPON GENGGAM DAN KOMPUTER Ketergantungan dalam penggunaan handphone kini semakin tinggi, hal yang perlu diperhatikan adalah adanya bahaya radiasi HP yang dapat menyebabkan risiko kesehatan. Tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi efek dari radiasi komputer adalah sebagai berikut : a. Bila bekerja dengan komputer, setiap Âą30 s/d 50 menit, istirahatkan mata selama 5 menit, lihat tanaman yang berwarna hijau, lihat objek dengan jarak pandang yang berubah mulai dari yang terdekat sampai terjauh. b. Gunakan monitor LCD (liquid crystal display) dan screen filter untuk mengurangi radiasi komputer. Radiasi yang disebabkan oleh monitor LCD cenderung lebih kecil bila dibandingkan dengan radiasi monitor tabung. c. Sesuaikan setting pada monitor Anda. Akan berakibat buruk pada mata jika setting monitor Anda menjadi terlalu gelap atau terlalu terang. Cobalah untuk melakukan setting pada cahaya dan kontras agar nyaman untuk mata. d. Sesuaikan posisi monitor agar tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Posisi yang ideal untuk monitor adalah sejajar dengan mata. e. Jaga jarak Anda dengan monitor. Idealnya, jarak minimal antara mata dengan komputer adalah 45 cm. f. Untuk pengguna laptop, agar kiranya tidak meletakkan laptopnya di paha anda. Beberapa tips sederhana yang sangat membantu agar dapat mengurangi dampak bahaya radiasi ponsel bagi tubuh: g. Jangan mengaktifkan ponsel dekat bayi atau anak. Dampak kesehatan radiasi ponsel terhadap bayi dan anak lebih besar dibandingkan pada orang dewasa.

16 |


HEALTHY TIPS h. Jika memungkinkan sebaiknya menggunakan peralatan tambahan seperti misalnya headset ketika berbicara di telepon atau jika memungkinkan sebaiknya menggunakan fasilitas loudspeaker. Kemudian jika memilih untuk menggunakan headset maka usahkan agar ponsel jauh dari tubuh. Lalu bagaimana mengurangi bahaya radiasi pada ponsel? 1. Menggunakan headset. Headset memancarkan radiasi jauh lebih sedikit daripada ponsel, begitulah menurut Environmental Working Group (EWG). Headset juga membuat ponsel jauh dari kepala Anda. Semakin jauh Anda dari sumber radiasi, semakin sedikit efek merusak yang dirasakan tubuh Anda. 2. Kirim pesan. Ponsel menggunakan lebih sedikit energi dan artinya memancarkan lebih sedikit radiasi ketika Anda berkirim pesan, dibanding ketika Anda bertelepon, menurut EWG. Selain itu, berkirim pesan juga menjauhkan otak Anda dari sumber radiasi. 3. Hanya untuk panggilan penting. Gunakan fasilitas telepon hanya untuk panggilan atau pemberitahuan penting, dan buatlah percakapan sesingkat mungkin. Ini untuk meminimalkan kontak sumber radiasi dengan otak. 4. Perhatikan indikasi sinyal. Saat indikator rendah, ponsel harus bekerja lebih keras mencari jaringan koneksi yang lebih baik. Ini akan mengakibatkan pancaran radiasi yang lebih tinggi. Jadi, jika indikator sinyal nampak kurang bagus, tunda dulu kegiatan bertelepon dan jauhkan ponsel dari kepala Anda. 5. Jauhkan ponsel dari telinga Anda saat menunggu panggilan Anda tersambung. Ketika Anda berbicara, jauhkan ponsel dari telinga, dekatkan ke mulut. Bawa ponsel ke dekat telinga hanya ketika Anda sedang mendengarkan orang lain bicara. “Tingkat radiasi ponsel, lebih rendah ketika dalam posisi menerima sinyal dibanding ketika mengirimkan sinyal,� kata Lin Zhong, asisten profesor teknik listrik dan komputer di Rice University di Houston. 6. Jangan bertelepon di dalam mobil atau lift. Selain bisa menyebabkan kecelakaan, ponsel membutuhkan energi yang lebih besar untuk mendapatkan sinyal di dalam ruang logam yang tertutup. Bahayanya, ini mengakibatkan pancaran radiasi semakin besar. 7. Sedapat mungkin, larang anak menggunakan ponsel. Hati-hati, otak anak menyerap radiasi dua kali lebih besar dibanding orang dewasa, menurut EWG. Menurut koran New York Times, pemerintah Inggris, Prancis, Jerman dan Rusia sudah mengeluarkan peraturan yang melarang anak-anak menggunakan ponsel. sumber: www.alodokter.com | 17


LSP LSPR SERTIFIKASI PARA HUMAS RUMAH SAKIT DAN PERTAMINA

L

embaga Sertifikasi Profesi LSPR kembali mengadakan uji sertifikasi kepada para humas dari berbagai bidang. Kali ini LSP LSPR berkesempatan menguji para humas dari Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia dan juga PT. Pertamina. Sebelum uji kompetensi berlangsung, juga dilakukan workshop guna mengingat kembali kewajiban mereka sebagai humas.

Pada tanggal 19 September 2017 LSP- LSPR Bekerjasama dengan PERSI menyelengarakan kegiatan Uji Sertifikasi Humas kepada angota dari Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia dan di berikan pembekalan materi humas oleh Ibu Marlene yang berjudul “Publikasi & Service di Rumah Sakit”. Adapun Sambutan dari dr. Kuntjoro Adi Purjanto, M.Kes sebagai Ketua Umum PERSI (ketiga dari kanan) dan memberikan materi terkait hubungan rumah sakit dan dunia kehumasan yang berjudul “Peran Kehumasan RS Ditengah Era Disruptif dan Kebijakan Kesehatan”

Setelah satu hari sebelumnya di berikan workshop yang isi materinya kolaborasi antara dunia kehumasan dan rumah sakit lalu di tanggal 20 September 2017 45 peserta yang terdiri dari humas-humas rumah sakit di uji oleh asesor dari LSP LSPR.

18 |


LSP LSPR

Pada Penghujung tahun 2017. LSP- LSPR Bekerjasama dengan PT Pertamina Persero menyelengarakan kegiatan wokshop dan Uji Sertifikasi Profesi Humas di LSPR Bali.

Setelah satu hari sebelumnya di berikan workshop satu hari penuh tentang kehumasan sebagai refresh-men bagi para calon peserta uji, maka di hari berikutnya peserta siap untuk mengikuti uji kompetensi oleh para asesor dari LSP LSPR.

Setelah satu hari sebelumnya di berikan workshop satu hari penuh tentang kehumasan sebagai refresh-men bagi para calon peserta uji, maka di hari berikutnya peserta siap untuk mengikuti uji kompetensi oleh para asesor dari LSP LSPR.

| 19


LSPR EVENTS LSPR GRADUATION 2017

T

anggal 30 November 2017, LSPR Jakarta mengadakan acara di Ballroom Ritz Carlton - Pacific Place Jakarta dan dihadiri oleh 1.119 mahasiswa baik dari Program Sarjana dan Pascasarjana. Wisuda dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi pagi untuk mahasiswa jurusan Public Relations, Marketing, International Relations, dan London School of Beyond Academy dan pada sesi siang untuk mahasiswa jurusan Mass Communication, Digital Media Communication and Advertising, Performing Arts Communications dan Program Pascasarjana. Kedua sesi tersebut dibuka dengan prosesi senat dari London School of Public Relations Jakarta dan kata sambutan oleh Dr. Andre Ikhsano, M.Si sebagai Ketua Panitia Upacara Wisuda LSPR dan juga oleh Ibu Prita Kemal Gani, MBA, MCIPR, APR sebagai Pendiri dan Direktur LSPR - Jakarta. Pada kata sambutannya, Ibu Prita memberikan pesan untuk seluruh wisudawan Class of 2017 untuk menggunakan pengetahuan yang sudah mereka dapatkan dari LSPR secara bijak dan untuk menjaga reputasi baik almamater. Pada sesi pagi, upacara wisuda dilanjutkan oleh sambutan dari Bapak Chairal Tanjung, Direktur CT Corp., sambutan dari Dr. Illah Sailah, Ms, Kordinator Kopertis III Jakarta, dan juga inspirational speech dari Dr. Handry Satriago, CEO General Electric Indonesia yang mengatakan bahwa langkah pertama untuk menjadi pemimpin adalah dengan menjadi pemimpin bagi diri sendiri. Sedangkan untuk di sesi siang sambutan disampaikan oleh Prof. Mike Hardy, CMG OBE FRSA dari Coventry University, juga Bapak Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dan berkata “Mari kita gunakan pengetahuan akademik sebaik mungkin untuk dapat membawa ide yang kreatif yang dapat memperkaya dan memperkuat bangsa kita�. Semua speaker yaitu Bapak Chairal Tanjung, Dr. Handry Satriago, Dr. Illah Sailah, Ms, Prof. Mike Hardy, dan Bapak Triawan Munaf, menerima plakat penghargaan dari Bapak Kemal Effendi Gani, Ketua Yayasan Pesona Pribadi Sejahtera.

20 |


LSPR EVENTS SHARING ILMU PUBLIC SPEAKING DI BNN

S

ebagai perguruan tinggi, LSPR memiliki kewajiban tri darma perguruan tinggi, salah satunya adalah pengabdian masyarakat yang diorganisir oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) LSPR - Jakarta. Selain dosen, dengan diberlakukannya Standar Nasional Pengabdian Masyarakat oleh DIKTI mewajibkan mahasiswa untuk dapat terlibat dalam program pengabdian masyarakat sebagai wadah pembelajaran. Oleh karena itu, LPPM LSPR - Jakarta mengajak para mahasiswa untuk dapat ikut serta dalam program yang dilakukan. Selama bulan Desember 2017, kegiatan pengabdian kepada masyarakat telah dilakukan oleh LPPM LSPR - Jakarta melalui Pelatihan Public Speaking yang dilakukan di Badan Narkotika Nasional Jakarta Utara dan Masyarakat di Cibinong, Bogor. Pelatihan Public Speaking ini dibawakan oleh beberapa dosen dari LSPR Jakarta. Kemampuan Public Speaking ini penting dan bermanfaat agar masyarakat cerdas dalam berkomunikasi dan dapat memotivasi untuk dapat melakukan hal-hal yang positif dan berguna bagi lingkungan.

| 21


LSBA NEWS WISUDA BATCH 2 LONDON SCHOOL BEYOND ACADEMY (LSBA)

U

ntuk kali kedua LSBA mengantarkan 13 siswa dengan jurusan akhir desain grafis pada tahapan akhir belajar yaitu LSPR Graduation 2017. Kebahagian terpancar dari wajah orang tua yang ikut mendampingi, karena ini merupakan perjalanan panjang bagi mereka dalam mendukung buah hatinya mendapat pengakuan dan keterampilan dari jenjang akademis. Sebagai bentuk persiapan menjelang wisuda, seluruh siswa/i LSBA juga mengikuti gladi resik yang diselenggarakan oleh panitia wisuda. Bersamasama dengan mahasiswa STIKOM-LSPR Jakarta mereka mendengarkan arahan mengenai tata cara dan prosedur yang harus dilakukan saat wisuda. Seluruh siswa/i LSBA menyimak dengan tenang dan baik serta turut melakukan simulasi proses pelantikan, yaitu menerima map ijasah dan pemindahan kuncir. Setelah itu mereka juga mengikuti prosedur pengambilan undangan dan toga. Ekspresi gembira dan percaya diri terlihat ketika mereka membawa toga yang akan digunakan saat wisuda, sambil terus bercakap-cakap membahas pakaian apa yang akan digunakan. Pengertian dari panitia wisuda STIKOM-LSPR Jakarta sangat membantu kelancaran proses pelantikan siswa/i LSBA. Hal ini terlihat dari penempatan LSBA pada sesi pertama, yaitu dipagi hari sehingga lebih memudahkan bagi mereka yang telah terbiasa berkegiatan dari pagi hari. Selain itu penempatan lokasi kursi juga sangat memudahkan apabila ada siswa/i yang ingin keluar ruangan serta saat proses berjalan menuju panggung pelantikan. Panitia juga memperbolehkan siswa/i LSBA didampingi oleh para pengajarnya yang berjumlah 4 orang. Bagi orang tua siswa/i diberikan tempat duduk yang tidak jauh dari anak-anak mereka, sehingga menimbulkan rasa aman dan nyaman selama prosesi. Pendidikan di LSBA selama 3 tahun (6 semester) yang telah ditempuh bukanlah akhir dari proses pembelajaran. Bagi siswa/i yang ingin belajar mempraktekan keterampilan yang telah dipelajari dapat mengikuti Balai Latihan Kerja “Beyond Creativity�. Lama mengikuti balai latihan kerja 1-2 semester dengan program dibuat seperti simulasi sebuah tempat bekerja. Setiap siswa bekerja mulai dari jam 10.00-15.00 dengan kegiatan disesuaikan masing-masing kemampuan. Bertujuan memberikan gambaran di dunia kerja, maka diberlakukan absensi setiap harinya yang akan menjadi patokan pemberian honor diakhir bulan. Selain itu setiap dua bulan akan dipilih “pegawai terbaik� berdasarkan komitmen, kerjasama, dan kepatuhan pada peraturan.

22 |


| 23


ARTICLE DEAR STRESS, LETS BREAK UP! Oleh: Prischa Nova, S.Psi., M.Psi., Psikolog Ekqy Zach Bidin Syaeful, S.Psi., M.Psi., Psikolog

Duh stress nih! Maunya bos apa sih? Semua kerjaan tidak ada yang beres! Stress banget di kantor! Pernah mendengar ada rekan yang mengatakan demikian ketika bekerja? atau anda sendiri pernah mengatakan bahwa anda stress? Lalu apa itu stress? Stress adalah suatu keadaan dimana terdapat kesenjangan antara tuntutan dan kemampuan. Menurut Weinberg dan Gould (2003) stres sebagai “a substantial imbalance between demand (physical and psychological) and response capability, under condition where failure to meet that demand has importance concequences�. Artinya, ada ketidakseimbangan antara tuntutan (fisik dan psikis) dan kemampuan memenuhinya. Gagal dalam memenuhi kebutuhan tersebut akan berdampak krusial. Bisa dikatakan adanya ketidakseimbangan antara tuntutan dan kemampuan diri sehingga membuat kita merasa tidak mampu, dan merasa pesimis untuk mengerjakan bahkan menyelesaikan pekerjaan kita. Pada kenyataannya, dalam hidup atau dalam pekerjaan, pasti akan ada tuntutan, dan tugas anda adalah memenuhi tuntutan tersebut sehingga sebenarnya stress adalah suatu kondisi yang wajar terjadi. Apakah anda pernah stress? Jika anda menjawab tidak, bisa dijamin bahwa hidup anda monoton, dan kurang memiliki gairah. Anda tidak akan pernah bisa maju kalau anda tidak pernah mengalami stress. Dalam dunia pekerjaan sangat mungkin muncul berbagai masalah yang ada kaitannya dengan pekerjaan yang kita jalani. Banyak hal yang dapat memicu munculnya stress pada karyawan seperti beban pekerjaan, deadline dari atasan, lingkungan kerja yang kurang menyenangkan dan masih banyak lagi kondisi-kondisi yang mungkin dapat memicu munculnya stress pada karyawan. Lalu apa tandanya ketika kita sedang mengalami stress? Taylor (2003) membagi gelaja stress menjadi empat yaitu fisik, emosi, kognisi, dan gejala sosial. Gejala fisik biasanya ditandai dengan berkeringat yang berlebihan, detak jantung yang meningkat, merasa gugup, gemetaran. Terkadang juga ditandai dengan sering buang air, tekanan darah tinggi, sakit kepala dan mudah lelah. Gejala emosional sangat erat kaitannya dengan perasaan yang kita rasakan. Ketika stress, kita cenderung merasa cemas, merasa ketakutan dan ketidakmampuan dalam menyelesaikan pekerjaan atau permasalahan yang kita hadapi. Emosional ini juga terkadang keluar dalam bentuk marah, sedih, dan tidak berdaya. Gejala kedua adalah gejala kognisi. Orang yang mengalami stress seringkali berpandangan negatif, kurang konsentrasi, dan kurang tampil baik dalam pekerjaan yang membutuhkan kemampuan analisis dan konsentrasi, serta munculnya pemikiran negatif yang berulang. Yang terakhir adalah gejala sosial dimana seorang karyawan yang mengalami stress sulit untuk diajak bekerjasama, menarik diri, gugup ketika berbicara dengan rekan kerja, pembawaan tidak tenang dan bertindak sesuka hati. Gejala-gejala diatas biasanya muncul ketika kita mulai mengalami stress. Apabila kondisi di atas dialami oleh individu secara berkepanjangan tentu saja akan menimbulkan efek yang tidak baik pada seseorang. Tapi sebaliknya, apabila situasi stress dapat diatasi dengan baik, maka individu akan terus bertumbuh dan berkembang menjadi individu yang lebih baik pula. Oleh karena itu, setiap kita harus memiliki pandangan yang berbeda mengenai masalah. Masalah bukan untuk dihindari, melainkan untuk dihadapi.

24 |


RALAT Lalu gimana caranya untuk bisa mengatasi stress dengan baik? Tiap individu memiliki kemampuan dalam mengatasi stress yang berbeda-beda. ada banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan seseorang dalam mengatasi stress seperti keyakinan diri yang positif (semakin tinggi keyakinan diri, maka semakin baik kemampuan seseorang dalam mengatasi stress), dukungan sosial (semakin banyak teman dan keluarga yang mendukung maka semakin tinggi pula keberhasilan mengatasi stress), kesehatan dan energi (orang yang dalam kondisi fisik yang baik, maka semakin baik pula daya yang dikeluarkan dalam mengatasi stress sehingga keberhasilan mengatasi stress menjadi lebih baik), selain itu juga keterampilan dalam menyelesaikan masalah (semakin sering seseorang menyelesaikan berbagai masalah, maka individu akan semakin terampil dalam mengatasi penyebab stress yang dialami). Untuk menjadi terampil, maka diperlukan latihan dan manajemen yang baik dalam mengatasi stress yang dialami. Ketika sedang mengalami stress, kita seringkali menggunakan cara yang sama dalam mengatasi stress, dan menjadi frustasi sehingga kesulitan mencari jalan keluar. Padahal ada banyak strategi sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi stress seperti: 1. Melakukan perubahan reaksi perilaku, artinya jika karyawan merasa dirinya mulai mengalami stresn sebaiknya time out terlebih dahulu. Time out dapat berupa istrirahat sejenak, keluar dari ruangan sejenak, kekamar kecil untuk cuci muka, atau kegiatankegiatan lain yang dapat mengendorkan ketegangan. 2. Melakukan relaksasi dan meditasi. Kegiatan relaksasi dan meditasi dapat dilakukan di rumah pada saat pulang kerja atau pada saat hari libur kerja. Relaksasi juga dapat dilakukan di kantor dengan mendengarkan musik, atau meditasi sederhana yang dengan menutup mata sejenak dan melupakan beban-beban pekerjaan sejenak. Hal ini dapat membuat karyawan lebih rileks dan merasa nyaman, sehingga beban yang ada perlahan dapat di tekan. 3. Melakukan diet dan fitness/olah raga secara teratur. Beberapa cara yang bisa ditempuh adalah mengurangi masukan atau konsumsi kandungan garam dan lemak. Karyawan lebih baik banyak mengkonsumsi makanan-makanan yang bervitamin, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Dengan berolahraga juga dapat mengurangi dan mengatasi stress karena gerak tubuh akan merangsang keluar zat �endorphine� yaitu zat yang membuat tubuh merasa nyaman. Orang yang senang berolahraga umumnya tampak lebih fit dan bahagia. 4. Tetap menjaga kondisi badan yang sehat dan tidur yang cukup. Dengan kondisi badan yang sehat dan tidur yang cukup, kita memberikan kesempatan pada otak untuk dapat beristirahat dan tetap rileks, mengingat tidur merupakan salah satu terapi untuk mengurangi kemarahan dan kesedihan. 5. Lakukan “HOBBY� atau hal-hal yang menyenangkan, karena hobby membuat rileks dan sejenak melupakan rutinitas atau masalah yang ada. 6. Jangan terpaku pada rutinitas, harus berani berubah, tidak malu dan ragu, sebagai contoh: merubah penampilan atau tatanan rambut, merubah dekor meja kerja atau layar komputer, hal ini bisa membuat kita lebih bersemangat untuk menyelesaikan pekerjaan. Hal-hal diatas merupakan hal sederhana yang bisa sebenarnya bisa dilakukan, tapi kita seringkali lupa dan terlalu fokus pada masalah yang ada. Dengan manajemen diri yang baik, maka diharapkan individu akan menjadi lebih efektif dalam menyelesaikan masalah dan menyelesaikan semua pekerjaan di kantor. Ingatlah, bahwa seringkali yang menyebabkan stress adalah bukan pada masalahnya, melainkan SIKAP kita ketika menghadapi stress itu sendiri. Ubah sikap kita dan mari terus belajar untuk menjadi lebih baik! Dear stress, lets break up! Sumber: Lulus., Margiati, “Stres Kerja:Latar betakang Penyebab dan Alternatif Pemecahannya,� Masyarakat, Kebudayaan dan Politik, Th XII, No 3, Juli 1999, 71-80

| 25


RALAT Pada rubrik from the lecturer dengan judul personal grooming yang dimuat pada edisi November 2017 ditulis oleh Ibu Renata Tirta Kurniawan, M. Si. Redaksi memohon maaf sebesar-besarnya atas tidak tercantumnya nama penulis. Terlampir adalah ralat untuk data rotasi dan promosi yang dimuat pada edisi november yang lalu.

Rotation/Promotion Staff & Management of LSPR - Jakarta Nama

Jabatan Lama

Jabatan Terbaru

Status

Tgl. Efektif

Isdananto Oktavianur

Thesis CounsellorUGP

Assistant Dean Campus C

Transfer

7/8/17

Dendy Muris, M.Si.

Associate Dean Campus C

Associate Dean Campus B

Transfer

7/8/17

Promotion

7/9/17

Dean of Performance Arts Communication

26 |

Dean of Mass Communication

Renata Tirta Kurniawan, M. Si.

Dean of Performance Arts Communication

Tunggul David K.Siahaan, M.A.

Dean of Mass Communication dan Dean of Digital Media Communication & Advertising

Project Director of Yearly LSPR Communication Festival, etc.

Change of Status

7/9/17

Mary Lemona, M. Si.

Deputy Head of General Affairs

Associate Dean Campus C

Transfer

11/9/17

R. Arya Lenggang Prasadja

Deputy Manager of Thesis - S1

Academic Manager of Campus C

Promotion

11/9/17

Siti Nur Syamsiah, S.Pi.

Sr. Staff of Thesis Administration

Deputy Thesis Administration - S1

Promotion

11/9/17

Sambi

Deputy Academic Manager of Campus C

Office Manager

Transfer

11/9/17

Habsyah Fitri Pujiastuti, M. Si.

Admin. Staff - Student Guidance Office

Admin. Staff - Thesis Administration UGP

Transfer

11/9/17

Sri Ramadhani, S.I.Kom

Receptionist Campus B

Staff - Career Employibility Centre (CEC)

Promotion

11/9/17

Dean of Digital Media Communication & Advertising


New Staff & Management of LSPR - Jakarta Nama

Jabatan

Tgl. Efektif

Xenia Angelica W., S.H., M.Si.

Deputy Manager Training and Development Departement & Fulltime Lecturer

10 Jul ‘17

​Satria Sofyan Pramadia P.

​Staff-LSPR Media Center Studio and Equipment

31 Jul. ‘17

Kristoforus Febrian K.

Staff-LSPR Media Center Studio and Equipment

31 Jul. ‘17

​Irfan Adinta El Sa'ud

Thesis Counselor

10 Aug. ‘17

Cornelia Alverina

Staff-Publication and Event-LPPM & CAPRS

4 Sep. ‘17

Chirag Kai Kinsler

Fulltime Lecturer

4 Sep. ‘17

Zumadilah Amalia

Fulltime Lecturer

4 Sep. ‘17

Henri Putra Jaya

​​Staff-Social Media Digital of Multimedia Centre

7 Sep. ‘17

Fathia Mayrilla Puti

Staff-Academic Administration

7 Sep. ‘17

​M. Rosyid

Security

7 Sep. ‘17

​Muhamad Sukarno Hata

Maintenance Crew

7 Sep ‘17

​Ari Oktaveamah

Receptionist

8 Sep. ‘17

Juliansyah

Security

11 Sep. ‘17

Sugiyono

Maintenance Crew

11 Sep. ‘17

Andini Fitriany

Staff-Student Guidance Office

12 Sep. ‘17

Febrina Ramadyanti

Staff-Intership Administration

15 Sep. ‘17

Sri Wahyuni Listyowati

Therapist-LSBA

18 Sep. ‘17

Mutiarahmi Marlia Hatri

Therapist-LSBA

18 Sep. ‘17

Fitri Hidayatu Rohmah

Staff-Library

27 Sep. ‘17

Sangki Arif Bijaksana

Teacher Assistant-LSBA

2 Oct. ‘17

Albert

Thesis Coordinator PGP

9 Oct. ‘17

Resign Staff & Management of LSPR - Jakarta Nama

Jabatan

Nareswari Kumaralalita

Research & Publication Staff

R. M. Mulkan

LSPR Media Center TV Studio and Equipment Coordinator and LSPR Media Centre Cameraman.

Siswo Hersudoro

Librarian

Asqiya Ulfah

Career ​Employability ​Centre ​​Staff​ & E-Learning Administration​​ Staff​

Edward Charles Ralph Jones

Fulltime Lecturer

Ade Mintarsah

Internship Administration Officer

Affan Asyraf

Marketing Executive of PGP

| 27


28 |

Insight januari februari 2018 (update) 19 2 18  
Insight januari februari 2018 (update) 19 2 18  
Advertisement