Page 1

AUTOMOTIVE NISSAN BLADEGLIDER MENGUSUNG INTELLIGENT MOBILITY DALAM KEHIDUPAN

The Inflight Magazine of Lion Air

OKTOBER 2017

Buana

Imajinasi

Belaraghi Menggores Kenangan di

Bali Timur

TIDAK DIBAWA PULANG


Contents

Oktober 2017 121.12

54.

Contents

20

Traveling Flores

26

Travel Sketch Bali Timur

30

Traveling Solo

36

48.

44. 48

Special Kopi Indonesia

Automotive Nissan BladeGlider

30.

44

Destination Saung Angklung Udjo

54

Destination Nanshan


Ayo pakai Kartu Kredit BRI untuk setiap pemesanan online melalui aplikasi McDelivery dan www.mcdelivery.co.id Dapatkan diskon 40% dengan minimal transaksi Rp100.000,-. *Periode program hingga Mei 2018 Syarat dan ketentuan berlaku

Business Card 5475 MEMBER SINCE

VALID THRU MONTH/YEAR

INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

5


66.

12.

60. Paul I. Zacharia

Paul I. Zacharia, Penggemar foto dan traveling ini juga sering menjadi juri lomba foto lokal dan nasional. Ia kerap menulis di media nasional. Dalam edisi kali ini Paul mengajak pembaca untuk menyaksikan Festival Payung Indonesia 2017 dengan tema ‘Sepayung Indonesia’ yang diselenggarakan di Solo, Jawa Tengah. Acara ini menggambarkan masyarakat Indonesia dengan beragam latar suku, agama, ras, serta budaya masing-masing, tetapi tetap dalam satu payung bernama Indonesia.

Regular

Lion Air Section

8

74

News Around

Info

12

76

Leisure

Aircraft Fleet

16

77

Wisdom in The Air

Welcome Aboard

60

78

Culinary

Route Map

64

80

Hot Stuff

KidZone

70

Postcard

Contributors

Valentino Luis

Pria kelahiran Maumere, Flores ini menyelesaikan studi di Fakultas Sastra Universitas Udayana Denpasar dan Institut für Sprache & Komunikation Hannover, Jerman. Mulai berkelana ke berbagai negara sejak 2007 dan menjadi kontributor untuk majalah wisata dalam dan luar negeri (Nature’s Best Photography, Merian Germany, National Geographic Traveler, Travelxpose, dll). Valentino mengajak pembaca ke Kampung Tradisional Belaraghi yang hanya terdapat 16 rumah tradisional dalam dua jajar yang saling berhadapan. Halaman tengah lebih tinggi dari fondasi rumah dan atapnya dari alang-alang. Penduduknya berasal dari lima klan.


Cockpit’s Note

Lion Air Group Meningkatkan Kunjungan Wisata Indonesia Penumpang yang budiman, Keinginan masyarakat untuk beribadah umrah semakin meningkat dari tahun ke tahun. Seiring keinginan tersebut tentu dibutuhkan tersedianya sarana transportasi yang nyaman dan aman. Untuk mendukung kenyamanan dan kelancaran beribadah ini, Lion Air akan membuka penerbangan langsung dari delapan kota di Indonesia ke Jeddah dengan sistem berjadwal dan harian. Selama ini Lion Air hanya melayani penerbangan carter umrah ke Jeddah dari Cengkareng. Delapan kota tersebut adalah Palembang, Pekanbaru, Padang, Tanjung Karang, Banda Aceh, Bandung, Solo, dan Balikpapan. Selain delapan kota tersebut, Lion Air juga akan membuka rute penerbangan baru dari tiga kota secara reguler terjadwal, yaitu Jakarta-Jeddah, Surabaya-Jeddah, dan Makassar-Jeddah. Selain mengembangkan rute guna memudahkan jemaah melaksanakan umrah, faktor keselamatan dan keamanan penerbangan juga menjadi prioritas utama. Dalam hal keselamatan penerbangan ini, seluruh maskapai yang tergabung dalam Lion Air Group, salah satunya Lion Air, telah berhasil memperoleh IATA Standard Safety Assessment (ISSA). Sehingga seluruh operasional Lion Air terjamin dengan standar keselamatan internasional. ISSA merupakan program IATA Operational Safety Audit yang merupakan audit skala global. Selain sertifikat ISSA, Lion Air juga telah mendapatkan sertifikat IATA Operational Safety Audit (IOSA). Akhir kata, selamat menikmati penerbangan Anda bersama Lion Air. Salam,

President Director Rudy Lumingkewas Director of Safety & Security Capt. Eduard Kallisto Pardede Director of Operation Capt. Zwinglt Silalahi Director of Technics Beni Purnama Director of Commerce Achmad Hasan Director of General Affairs & Finance Edward Sirait General Manager Service Ari Azhari

Publisher & Editor In Chief Makhfud Sappe Editor Ristiyono, Faisyal, Riman Saputra N, Dody Wiraseto, Priyanto Sismadi Marketing Fransiska Ririn Tri Astuti, Sahman Ahmad Tjambolong, Fernandito Haka (Bali) Art Director Gerald Manuel Illustrator & Designer Richard Archie F. Mandagie, M. Saleh Hanif Finance & Administration Ade Kristanti, M. Zaky, M. Solichin

Rudy Lumingkewas President Director Lion Air

Advertising Hotline Lionmag: 0821 10 88 22 00 Fax.: +62 (21) 3151668 Email: edlionmag@gmail.com

Issn: 1979-4185

Beragam informasi tentang dunia traveling dan lifestyle di Lionmag ini bisa dibaca di www.lionmag.net www.lionmag.net LIONMAG INFLIGHT MAG

8

LIONMAG OKTOBER 2017

www.issuu.com/lionmagazine


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

9


NEWS AROUND Amaris Hotel

Damai Putra Group

Rayakan Ulang Tahun Ke-10

Apresiasi untuk Agen Properti

Amaris Hotel, September 2017 genap berusia 10 tahun. Sebagai bentuk perayaan hari jadinya, Amaris Hotel mengadakan kegiatan Fun Walk bertajuk “Amaris Smart Walk” di areal Car Free Day – Sudirman Thamrin. Acara yang diadakan pada 24 September 2017 ini dihadiri Lilik Oetama, CEO Kompas Gramedia, jajaran direksi dan karyawan PT Grahawita Santika selaku holding company dari Amaris Hotel, para pemilik Amaris Hotel, karyawan Amaris Hotel Jabodetabek juga karyawan Hotel Santika dan Hotel Santika Premiere Jabodetabek.

Damai Putra Group mengadakan acara Agent Gathering dan Product Knowledge, pada 14 September 2017 di Hotel Santika Premiere Kota Harapan Indah, Bekasi. Lebih dari 500 agen properti se-Jabodetabek hadir di acara ini. Acara berlangsung meriah dengan bintang tamu Maliq & D’Essentials, doorprize dengan total hadiah puluhan juta rupiah dan grand prize 1 buah motor Yamaha Mio. “Kami berharap dengan adanya penghargaan ini, para agen semangat memasarkan produk kami”, jelas Claudia Hayat selaku Marketing Commucation Damai Putra Group.

Grand Mercure Jakarta Kemayoran Rayakan HUT ke-2

Tepat dua tahun Hotel Grand Mercure Jakarta Kemayoran berdiri megah di lokasi strategis kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat. Di ulang tahun ke-2 ini Hotel Grand Mercure Jakarta Kemayoran menghadirkan beragam kegiatan menarik untuk tamu dan karyawan antara lain social media challenge, sambutan dan paket spesial untuk para tamu, kunjungan dan santunan yayasan duafa dan jompo, staff cleaning day, dan staff party. Di ujung rangkaian kegiatan diadakan outing yang diikuti oleh seluruh staff dan karyawan hotel.

Lion Air

Buka Penerbangan Umrah dari Delapan Kota Lion Air membuka penerbangan langsung dari delapan kota Indonesia untuk umrah ke Jeddah, Arab Saudi. Penerbangan dibuka pertengahan Oktober 2017, dengan sistem berjadwal dan harian. Selain dari Jakarta, delapan kota tersebut adalah Palembang, Pekanbaru, Padang, Tanjung Karang, Banda Aceh, Bandung, Solo, dan Balikpapan. Penerbangan tersebut terlebih dulu transit di Trivandum, India untuk pengisian bahan bakar. Pembukaan rute ini untuk mengakomodasi perjalanan umrah dari beberapa daerah, sehingga tidak perlu lagi ke Jakarta dulu untuk melanjutkan perjalanan ke Jeddah.

Ibis Budget

Hadir di Cirebon ibis Budget Cirebon berlokasi di Jalan Siliwangi, dekat kantor pemerintahan serta pusat wisata dan budaya, hanya lima menit dari Stasiun Cirebon Kejaksaan. Hotel ini memiliki 138 kamar yang nyaman dan dua ruang pertemuan yang dapat mengakomodasi acara bisnis dan sosial sekitar 80 orang, ruang makan dan internet corner serta area kebugaran. “ibis Budget Cirebon hadir menawarkan akomodasi modern dan harga terjangkau dengan fokus pada kenyamanan tamu,” ujar Endrian Hananto, Director of Operations, ibis Budget untuk Indonesia.


NEWS AROUND IAM Mbtech 2017

Kyriad – Louvre Hotel Group Rambah Selatan Jakarta

Mewarnai Bandung

Setelah sukses mengambil alih Puspamaya Hotel Airport Jakarta, Kyriad Hotel – Louvre Hotel Group mengembangkan sayap dengan merambah ke wilayah Jakarta Selatan. Jaringan operator hotel internasional ini mengumumkan penandatanganan pengelolaan Kyriad Cipete Hotel Jakarta. “Kyriad Cipete Hotel Jakarta memiliki 87 kamar, terdiri dari 55 deluxe room, 26 grand deluxe, 3 business room, dan 2 family suite. Hotel ini dalam tahap pembangunan akhir dan akan dibuka awal November 2017,” ujar Mugi Harjo, Director of Operation Kyriad Hotel.

Ajang kontes modifikasi Indonesia Automodified MBtech (IAM Mbtech) 2017 seri Bandung digelar 2-3 September 2017. Juara pertama diraih Land Rover Defender 1997 milik Bayu buatan bengkel modifikasi H20. Konsep tema diamond cut dengan bahan warna hitam oranye. Juara dua diraih Ford Fiesta gaya street racing, milik Frangky. Interior cokelat dengan motif kotakkotak kecil memberikan inspirasi kreatif namun simpel. Posisi ketiga diraih Daihatsu Gran Max pikap warna hijau asal Jepara, milik Ahmad Salahudin.

Rhinos X Triathlon

Puncak Acara Pesona Festival Tanjung Lesung 2017 Mengangkat tema “Sport & Adveture”, Rhinos x Triathlon menjadi puncak acara Festival Pesona Tanjung Lesung 2017 yang diadakan 22-24 September 2017. Ajang ini merupakan kejuaraan nasional cross triathlon pertama di Indonesia yang terdiri dari lomba renang, balap sepeda, dan lari. “Perhelatan ini istimewa dan strategis dalam mengenalkan keindahan alam dan budaya Banten yang beragam dan juga olahraga cross triathlon bagi masyarakat Indonesia dan mancanegara,” ujar Poernomo Siswoprasetijo, Direktur Utama PT. Banten West Java.

12

LIONMAG OKTOBER 2017

Best Western Premier Solo Baru

Penghargaan Prestis dari Traveloka Best Western Premier Solo Baru meraih penghargaan dari Traveloka sebagai hotel Exeptional Guest Experience kategori premium kelas bintang 4+, di acara Traveloka Award 2017 Jawa Tengah. General Manager Best Western Premier Solo Baru, Oji Fahrurrazi mengatakan penghargaan ini bukti bahwa pasar online di era digital marketing demand-nya tinggi. Penilaian tamu yang menginap antara lain dari pelayanan, fasilitas hotel, harga, makanan dan minuman, serta kebersihan. Kepuasan konsumen tentunya mempunyai dasar kenapa memilih hotel kami, karena kami memberikan service excellence.

Swiss-Belinn

Hadir di Kota Pahlawan Swiss-Belhotel International membuka Swiss-Belinn Airport Surabaya, 9 September 2017. Pembukaan ditandai pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah didampingi General Manager Swiss-Belinn Airport Surabaya, Nungrudin Sukmawati. Gavin M. Faull, Chairman and President Swiss-Belhotel International menjelaskan, SwissBelinn Airport Surabaya memberikan kemudahan dalam melakukan perjalanan, terutama bagi pelaku bisnis dan pendatang yang ingin merasakan kenyamanan tinggal di dekat bandara.


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

13


LEISURE

Bae by Socieaty

Sajikan Menu Berkonsep Wine and Bites

BAKE, Kuliner Popular Asia Hadir di Indonesia Tren kuliner cheese tart di Indonesia semakin ramai dengan hadirnya Bake Cheese Tart (BAKE). Gerai yang berpusat di Tokyo, Jepang ini hadir perdana di West Mall Grand Indonesia. BAKE hadir dengan cheese tart asli yang unik dan nikmat. Cita rasanya sudah mendapat tempat tersendiri di pasar Asia. Bahkan hingga saat ini, BAKE berhasil mencetak rekor penjualan luar biasa, yaitu 35.000.000 keping cheese tart setiap tahunnya dari 39 gerainya yang terletak di tujuh kota besar di seluruh dunia.

Bae by Socieaty hadir mengusung konsep “Wine and Bites”. Konsep ini menyajikan makanan dan wine yang dapat dinikmati dalam suasana terbuka yang tepat bersama kerabat maupun rekan bisnis. Bae by Socieaty memberikan paduan antara makanan dan wine yang tepat namun dengan harga tetap terjangkau. Adalah Chef Robert Veenendaal yang dipercaya untuk memberikan cita rasa terbaik di makanan. Chef Robert memiliki spesialisasi di pasta dan camilan santai seperti chicken wings.

Ulu Cliffhouse

Konsep Unik Berpanorama Uluwatu Ikonik Sebuah konsep baru dan unik dihadirkan oleh Ulu Cliffhouse di kawasan Uluwatu. Tempat ini menjadi “cliftop playground” bagi orang-orang yang berjiwa kreatif. Beach club ini memiliki panorama memikat yang terletak di puncak tebing. Keberadaannya akan memberikan tamu yang datang ke sebuah pengalaman baru yang jarang didapatkan. Desainnya menampilkan kolam renang infinity seluas 25 meter, spa, butik, dan restoran-restoran bertingkat di tebing. Selain itu, tamu juga memiliki akses untuk menuju private beach.

14

LIONMAG OKTOBER 2017

Kopi Tusuk dan Bento Rice Istimewa di Oak Tree Urban – Mahakam Jakarta

Oak Tree Urban – Mahakam Jakarta menghadirkan kombinasi menu baru untuk tamu maupun pelanggan Diskus Ruang Kopi. Menu tersebut adalah Kopi Tusuk dan Bento Rice yang disajikan untuk “take away” dan bisa dipesan melalui aplikasi ojek online. Kopi Tusuk yang disajikan merupakan kombinasi biji kopi Aceh Gayo, Brazil, dan Jawa Barat disajikan dalam bentuk es kopi susu sedangkan Bento Rice terdiri dari beragam pilihan.


16

LIONMAG OKTOBER 2017


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

17


Wisdom in The Air

8 Kata Yang Tak Terucapkan Teks Jemy V. Confido

Mengucapkan kata-kata yang menyenangkan orang lain adalah sesuatu yang tidak akan menimbulkan biaya.

epasang kekasih sedang berjalan di malam hari ketika tiba-tiba seorang perampok menodongkan pistol kepada sang pria. Alih-alih berusaha melawan, sang pria malah terkena tembakan si perampok dan akhirnya tewas seketika. Setelah menjadi arwah, sang pria masih gentayangan di muka bumi. Ia berkelana ke sana kemari untuk bisa menyampaikan satu pesan kepada sang kekasih yang masih hidup. Akhirnya, sang pria berhasil berkomunikasi dengan seorang cenayang yang kemudian melalui perantaraan sang cenayang, ia berhasil menyampaikan pesan tersebut. Tentu pesan yang akan disampaikan oleh sang pria adalah pesan yang sangat penting sampai ia harus merelakan dirinya menjadi arwah penasaran. Dan bila Anda bertanyatanya apakah isi pesan tersebut maka jawabannya adalah: ”I love you.” Itulah rangkuman film ’Ghost’ yang dibintangi oleh Patrick Swayze, Demi Moore, Tony Goldwyn dan Whoopi Goldberg. Sebuah film satire romantis yang diwarnai bumbu komedi. Namun dibalik ketegangan dan gelak tawa yang dirasakan para penonton, tersirat makna yang sangat mendalam akan satu hal yaitu sampaikanlah kata-kata yang paling bermakna dalam hidup kita kepada orang-orang di sekitar kita, terutama orang-orang yang kita

18

LIONMAG OKTOBER 2017

cintai, sebelum akhirnya kata-kata tersebut menjadi kata-kata yang tidak terucapkan. Berapa banyak kata-kata yang tidak terucapkan seperti itu dalam hidup kita? Mungkin Anda akan berpikir sangat banyak. Namun pada kenyataannya kata-kata yang tidak terucapkan jumlahnya sedikit. Bahkan bisa jadi kurang dari sepuluh kata. Berikut ini adalah beberapa kata yang bisa jadi belum pernah kita ucapkan kepada orang-orang yang kita cintai.

Sapaan atau nama Cukup mengherankan memang bahwa sebagian orang mungkin tidak terbiasa memanggil orang yang dicintainya dengan sapaan yang pantas. Seorang anak memilih untuk tidak mengucapkan kata ’ibu’ untuk memanggil ibunya karena ia merasa sangat kecewa terhadap ibunya tersebut. Dalam kasus lain seorang sahabat sudah terbiasa memanggil temannya dengan nama julukan sampai-sampai ia hampir lupa nama asli sahabatnya itu. Agar sapaan atau nama tidak menjadi kata-kata yang tidak terucapkan,

maka kita perlu membuka diri untuk menghargai orang-orang tersebut dengan sepantasnya. Memanggil seseorang dengan julukan memang membuat kita lebih akrab, namun ada saatnya kita memanggil dia dengan nama yang sepantasnya sehingga ia tetap merasa dihargai.

Permisi Kata permisi biasanya tidak terucapkan karena dua hal yaitu kita merasa memiliki kedudukan yang lebih tinggi atau sama sehingga kita merasa tidak perlu meminta ijin atau karena kita takut kalau-kalau kita tidak diijinkan sehingga kita tidak mengucapkan kata permisi tersebut. Hal yang bisa kita lakukan agar kita bisa mengucapkan kata permisi dengan lugas adalah menghargai keberadaan orang lain serta keberanian untuk menghadapi konsekuensi bila keinginan kita ternyata tidak mendapat ijin.

Tolong Kata yang satu ini sebenarnya sangat efektif dipergunakan diawal


Mate

Loyalty Program

1 st ANNIVERSARY

10:30 AM

100%

ONLY AT

www.whiz-mate.com

Booking : October 1st - 10th 2017 Staying : October 10th 2017 *Terms & Conditions Apply

Call Center +62 21 571 0099

Other Brand

intiwhizintl

INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

19


kalimat perintah. Misalnya: ”Mas, tolong dong beliin nasi!” Dengan penggunaan satu kata ’tolong’ maka kalimat yang sesungguhnya kalimat perintah tersebut menjadi lebih sopan dan bisa diterima oleh orang yang kita mintai tolong. Namun karena kebiasaan, maka kita seringkali dengan entengnya menghilangkan kata ’tolong’ dalam kalimat tersebut sehingga lambat laun kita pun mulai kurang menghargai orang yang kita mintai tolong padahal kita sangat membutuhkannya. Agar kita tidak alpa mengucapkan kata yang satu ini maka kita harus menyadari betapa sulitnya hidup kita bila orang tersebut tidak ada di dekat kita atau tidak bersedia membantu kita.

Terima kasih Kata yang satu ini biasanya akan menjadi sulit diucapkan ketika kita menghadapi kenyataan bahwa kita harus mengucapkan terima kasih kepada orang yang tidak kita sukai atau orang yang selama ini kita sepelekan. Terlebih lagi bila kita harus mengucapkannya dengan tulus dari dalam lubuk hati kita. Untuk alasan inilah maka sebisa mungkin kita tidak memiliki orang yang tidak kita sukai dalam hidup kita dan sebisa mungkin pula kita tidak menyepelekan orang lain. Bagaimanapun juga, mengucapkan ’terima kasih’ jauh lebih menyenangkan daripada menjalani hidup tanpa pertolongan mereka.

satu ini, maka Anda harus meyakini bahwa orang-orang yang Anda cintai akan lebih tahu bahwa Anda mencintai mereka ketika Anda mengakui kesalahan Anda. Demikian pula orang-orang yang Anda khawatirkan akan ’menghukum’ Anda akan lebih respek kepada Anda bila Anda mengakui kesalahan Anda.

Meminta Maaf Meminta maaf biasanya merupakan lanjutan dari mengaku salah. Pada umumnya bila Anda sudah mengakui kesalahan Anda, maka Anda akan lebih mudah meminta maaf. Namun demikian, meminta maaf tidak selalu mudah juga untuk diucapkan meskipun Anda sudah mengakui kesalahan Anda. Hal terburuk yang Anda khawatirkan dari meminta maaf adalah bahwa orang tersebut tidak mau memaafkan Anda. Dalam hal ini Anda perlu memahami bahwa saat Anda meminta maaf, Anda sedang meminta maaf kepada tiga pihak yaitu diri Anda sendiri, orang yang Anda lukai dan Yang Maha Kuasa. Percayalah, Yang Maha Kuasa pasti memaafkan Anda. Anda sendiri tentu harus belajar memaafkan diri Anda. Sedangkan orang yang Anda lukai, ia bisa saja berkata bahwa ia tidak mau memaafkan Anda. Tapi bila Anda sudah meminta maaf darinya, maka Anda sudah menyelesaikan bagian Anda.

Sayang Mengaku Salah Mengaku salah merupakan hal yang cukup berat khususnya ketika diucapkan kepada orang-orang yang tidak ingin kita sakiti. Alasan lain mengapa kita menghindari mengaku ’salah’ adalah karena kita takut dengan konsekuensinya. Bila Anda menghadapi kesulitan yang

20

LIONMAG OKTOBER 2017

Kata ’cinta’ biasanya diucapkan setelah kita sebelum-sebelumnya mengatakan ’sayang’ karena seringkali ’cinta’ diartikan memiliki tingkatan yang lebih tinggi dari sayang.

Kata ’sayang’ seringkali diumbar berlebihan pada masa-masa pendekatan namun sayangnya justru pada saat-saat diperlukan kata-kata yang satu ini justru jarang terucap. Yang penting untuk kita pahami adalah saat yang tepat untuk mengucapkan kata ’sayang’. Saat-saat dimana orang yang Anda

sayangi membutuhkan dukungan Anda merupakan salah satunya. Yang lainnya adalah saat dimana ia tidak menduga bahwa Anda akan mengucapkannya.

Cinta Kata ’cinta’ biasanya diucapkan setelah kita sebelum-sebelumnya mengatakan ’sayang’ karena seringkali ’cinta’ diartikan memiliki tingkatan yang lebih tinggi dari sayang. Berbeda dengan kata ’sayang’, kata cinta menyiratkan komitmen untuk berkorban lebih besar. Karena itu bila diucapkan terlalu sering, kata ’cinta’ menjadi terdegradasi kekuatannya. Namun tidak mengucapkannya juga bukan merupakan pilihan yang bijak. Salah-salah Anda mengalami nasib seperti kisah film ’Ghost’ di atas. Selain memilih saat yang tepat, kata ’cinta’ juga harus disampaikan dengan cara yang tepat. Itulah delapan kata yang tak terucapkan. Bisa saja ada kata-kata lainnya yang juga tidak terucapkan. Namun tentu saja saya berharap daftar kata-kata yang tak terucapkan ini tidak bertambah menjadi lebih panjang lagi. Karena kata-kata yang sudah sangat kita kenal ini bisa mengubah makna hidup kita bila kita mengucapkannya pada saat yang tepat dengan setulus hati. www.jemyconfido.com


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

21


Traveling Flores

Gambaran Belaraghi bagian depan. LIONMAG OKTOBER 2017 22


Imajinasi Belaraghi Kampung tradisional di atas bukit sabana yang terisolir. Keakraban tulus menyambut musafir. Teks & Foto Valentino Luis

INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

23


J

alan menanjak dengan kemiringan cerun membuat nyali gentar. Bukan kenapa-napa sebenarnya bila berjalan kaki. Masalahnya, saya menempuh dengan sepeda motor yang masih sangat baru dan belum begitu lihai saya kendarai. Hari sudah temaram, sedangkan jalur yang saya lalui begitu sepi. Tempat tujuan saya agaknya masih jauh. Inilah tantangannya bila melakukan eksursi sendirian dan memutuskan untuk menempuh rute sepi secara spontan, di luar rencana. Beberapa puluh menit sebelumnya, saya melintasi jalan raya Aimere—Bajawa, Flores, menyusuri pinggiran pantai dengan jejeran rumah yang menjual sopi, minuman alkohol hasil penyulingan lontar. Mata saya tiba-tiba melihat papan di pinggir jalan bertulisan “Kampung Tradisional Belaraghi.” Saya pernah membaca tentang kampung itu, tetapi setiap melakukan

24

LIONMAG OKTOBER 2017

solo trip lintas Flores selalu bingung menemukan jalur menuju ke sana. Pada papan tertera jaraknya, hanya sekitar 4 km dari jalan raya. Dekat bukan? Tanpa berpikir panjang, saya pun memutuskan berbelok. “Jalan sudah bagus. Sepeda motor bisa langsung sampai ke Kampung Belaraghi,” kata seorang warga yang saya tanya. Saya pun berasumsi bisa langsung pulang tidak sampai satu jam. Nyatanya, saya keliru. Jalan ke Belaraghi memang sudah diperbaiki, tapi kelaikannya ditakar menurut standar perdesaan. Bagian beraspal hanya 2 kilometer, sisanya jalan diplesteri semen yang lazim disebut penduduk Flores dengan ‘’Jalan Rabat’’. Empat kilometer pun menjadi berlipat-lipat karena naikturun bukit. Waktu tempuh berubah panjang lantaran saya berhenti beberapa kali untuk memotret pemandangan. Rute itu memang fotogenik. Saya membelah bukit yang dimonopoli padang sabana nan luas berwarna keemasan tertimpa matahari sore.

Gunung Inerie gagah berdiri di sisi timur, disisipi awan dan kuda-kuda yang merumput leluasa. Di pundak bukit, saya memutuskan mengantar senja. Sejumlah warga yang pulang dari ladang menyapa ramah. Kata mereka, sekarang musim membersihkan kebun. Mereka menjunjung kayu bakar di kepala sekembali ke rumah. Anjing-anjing piaraan menjadi sahabat perjalanan. Saya sangat suka menyaksikan kebersahajaan seperti ini.

Tersembunyi Kepungan Pohon Melanjutkan tekad dengan risiko pulang gelap, terus saya lajukan sepeda motor menanjaki bukit. ‘’Kampungnya tidak kelihatan dari sini karena tertutup pepohonan kemiri,” terang seorang ibu yang berpapasan. Jadi, Belaraghi berada pada batas antara hutan dan padang sabana. Suara percakapan dan gongongan anjing menjadi penanda saya telah mendekati kampung tradisional


(dari kiri ke kanan) Seorang warga dengan kudanya dilatari Gunung Inerie. • Senja di punggung bukit sabana yang dilintasi penduduk kembali dari ladang. • Kunjungan pagi ke rumah kepala kampung.

tersebut. Benar saja. Saya melihat bumbungan rumah-rumah dari balik pepohonan. Kesannya seakan mendapati komunitas tersembunyi serta terisolasi. Usai memarkir sepeda motor di luar pagar, saya disapa dua warga kampung yang hendak turun ke Aimere. ‘’Masuk saja. Sendirian ya?” tegur mereka. Saya mengangguk. “Biasanya yang datang kemari group atau sejumlah orang,” lanjut salah satunya. Saya membuat beberapa foto dan kami pun bercakap-cakap santai. “Kalau khawatir pulang gelap, nginap saja di sini.” Wah, saya tidak menduga menerima tawaran demikian. ‘’Ya, betul, Nak. Sudah gelap, tidur saja,’’ sekonyong suara seorang nenek terdengar dari rumah paling depan sebelah barat. Saya mendekatinya. “Nama saya Mama Mia. Anak tidur saja di rumah saya. Mama Mia sudah sering menjamu tamu yang mau nginap,” sambutnya dengan tawa berderai, keramahan khas ibu-ibu di kampung tradisional. Bibirnya merah hasil mengunyah sirih pinang. Dipersilakannya saya duduk di pendopo depan rumahnya. Tiga menit ia menghilang ke dalam rumah, lalu kembali hadir sambil membawa nampan dengan dua gelas minuman panas. ‘’Ini Mama Mia

buatkan kopi dan teh. Pilih mana, sesuai selera,” katanya, tetap sembari tertawa. “Tadi Mama Mia tidak tanya, karena kadang orang menolak minum air panas, sungkan. Padahal bagi kami pantang terima tamu tanpa memberikan minum air panas.” Saya melihat teh buatanya berwarna menarik, bukan seperti umumnya teh. “Itu kayu manis, dibuat seperti teh, hahaha….” Saya memilih teh kayu manis itu. “Lebih berkhasiat untuk kesehatan ketimbang teh biasa,” puji saya. Mama Mia memanggil tetangganya, juga seorang ibu, bernama Mama Lina. Kami berbagi cerita dan tertawa terbahak. Tidak butuh waktu lama untuk menyukai Belaraghi dan orang-orangnya.

Satu Kampung Lima Klan Mama Mia dan Mama Lina menyiapkan makan malam. Sembari memotong sayur, Mama Mia menjelaskan tentang kampung mereka. Terdapat 16 rumah tradisional dalam dua jajar yang saling berhadapan. Di Belaraghi, halaman tengah lebih tinggi dari fondasi rumah dan atapnya dari alang-alang. “Tiga tahun lalu masih pakai lampu pelita. Sekarang sudah dipasangkan panel surya. Tidak perlu beli lagi minyak tanah,” katanya. Saya perhatikan, rumah Mama Mia baru selesai direnovasi. Kayu-kayu dan alang-alang belum uzur. ‘’Ya, rumah ini baru pemugaran dua tahun lalu. Dikerjakan bergotong-royong. Selain INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

25


tenaga, masing-masing rumah juga menyumbang alang-alang,” jawabnya. Menurut adat mereka, rumahrumah tradisional memiliki strata. Lima rumah berjuluk Sao Pu’u (Rumah Perdana) ditandai oleh ornamen rumah kecil di ujung atapnya. Lima rumah lainnya dinamai Sa’o Lobo (Rumah Terakhir) dengan ornamen tubuh manusia di atap. Enam rumah disebut Sa’o Kaka (Berbagi) atau rumah turunan dari Sa’o Puu dan Sa’o Lobo. Karena mereka menganut paham matrilineal, hak atas segala sesuatu dipegang perempuan. Seperti kampung tradisional lainnya di Bajawa, di halaman Kampung Belaraghi dipasangi Ngadu dan Bhaga, simbol laki-laki dan perempuan, berupa rumah payung dan rumah kecil seukuran kulkas. “Kami di Belaraghi berasal dari lima klan. Leluhur kami asli dari pegunungan sini, yang turun pelanpelan membangun tempat tinggal

26

LIONMAG OKTOBER 2017

(searah jarum jam) Tiang Ngadu dengan ukiran simbolik. • Mama Mia dan Mama Lia bercerita sembari menyunyah siri. • Tanduk kerbau yang dikorbankan saat upacara jadi penghias rumah Mama Mia.

bersama. Sekarang sudah ada kampung baru di dekat jalan raya, itu berasal dari Belaraghi. Anak-anak kecil sekolah dan dititipkan di sana. Kalau libur atau ada upacara adat mereka pasti datang,” urai Mama Mia. Bicara soal upacara adat, warga Belaraghi menggelar Reba, semacam perayaan untuk mengumpulkan sanak keluarga dan menapaktilas sejarah leluhur. Reba dilakukan setahun sekali, diisi dengan tarian sepanjang hari serta makan dari rumah ke rumah bergiliran. “Kami di sini melakukan Reba tiap tanggal 22 Februari. Semua orang memakai pakaian adat, termasuk tamu.” Malam itu bulan purnama. Kampung Belaraghi terlihat occult, mendatangkan imajinasi surreal. Di atas rumah panggung Mama

Mia, kami menikmati nasi merah pulen, telur dadar, tumisan sayur, dan sambal tomat segar. Rasanya nikmat sekali. Setelah makan, cerita-cerita berlanjut, sambil kami mengupas kemiri yang sudah dipecahkan. Besok hari pasar, Mama Lina berencana menjual kemirinya. Saat hendak tidur, mereka membentangkan karpet dilapisi lagi matras untuk saya. Tidak cukup itu, Mama Mia juga memasangkan kelambu. “Aduh, Mama, ini seperti mau malam pertama,” canda saya. “Besokbesok datang lagi jenguk kami, bawa serta istri, bulan madu di Belaraghi,” balas Mama Mia tak kalah bercanda. Kami kembali tertawa terbahak. Oh, ini seolah menemukan keluarga sendiri. Beruntungnya saya!


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

27


Travel Sketch Bali Timur

Taman Ujung.

Menggores Kenangan di Bali Timur 28

LIONMAG OKTOBER 2017


Peristirahatan Keluarga Raja

Bali Timur menyimpan banyak tujuan wisata cantik dan menarik yang membuat liburan Anda lebih menyenangkan. Sebutlah di antaranya Istana Air Taman Sukasada Ujung dan Desa Adat Tenganan. Teks Faisyal ILUSTRASI Archie Mandagie

Taman Sukasada Ujung, yang dikenal sebagai istana air, adalah salah satu objek wisata sejarah menarik di Bali Timur. Situs bersejarah ini merupakan peninggalan Kerajaan Karangasem yang terletak di Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem. Taman Sukasada Ujung berjarak sekitar 5 km dari Amlapura, Ibu Kota Kabupaten Karangasem, atau sekira 60 km dari Denpasar. Menilik kemegahan serta keunikan bangunannya (perpaduan arsitektur Bali dan Eropa), Taman Sukasada Ujung pun dikembangkan sebagai objek wisata budaya. Sejarah mencatat, taman ini pernah mengalami kerusakan parah akibat letusan Gunung Agung pada 1963 serta gempa bumi hebat pada 1976. Beberapa tahun kemudian, atas bantuan Bank Dunia, taman tersebut diperbaiki kembali. Istana air nan indah tersebut dibangun di era pemerintahan Raja I Gusti Bagus Jelantik (yang bergelar Anak Agung Agung Anglurah Ketut Karangasem) pada 1909 dan rampung pada 1921. Pada 1937, Taman Sukasada Ujung diresmikan, ditandai oleh prasasti marmer bertulisan naskah dalam aksara Latin dan Bali serta dua bahasa, Melayu dan Bali. Taman Sukasada Ujung merupakan tempat peristirahatan keluarga Kerajaan Karangasem sekaligus tempat untuk menjamu tamu-tamu penting kerajaan. Dibangun atas prakarsa Anak Agung Anglurah, arsiteknya adalah Van Den Hentz dari Belanda dan Loto Ang dari China. Pembangunannya juga melibatkan seorang undagi (arsitek adat Bali). Taman Sukasada Ujung memiliki tiga buah kolam besar. Satu kolam di bagian selatan dan dua di utara. Pada kolam di bagian selatan terdapat Bale Bengong – bangunan di tengah kolam. Sedangkan di tengah kolam pertama di sisi utara, terdapat bangunan utama bernama Bale Gili yang dihubungkan dengan jembatan menuju arah selatan. INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

29


Persinggahan Raja

Masih di Kabupaten Karangasem, Bali Timur, terdapat taman air lainnya bernama Tirta Gangga. Taman air ini juga peninggalan Kerajaan Karangasem yang berfungsi sebagai persinggahan dan peristirahatan raja. Tirta Gangga berasal dari kata tirta (air suci) dan Gangga yang merujuk nama sungai sakral di India. Taman Air Tirta Gangga, Karangasem, dibangun pada 1946 oleh Raja Karangasem Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung. Tirta Gangga didominasi tiga bangunan utama penegas karakternya, yaitu kolam, patung, dan kebun. Taman seluas 1,2 hektare tersebut dibangun memanjang dari barat ke timur di area persawahan. Kondisi kawasan wisata Tirta Gangga sangat sejuk karena posisinya tepat di bawah kaki Gunung Agung,

gunung tertinggi di Bali. Kesejukan dan keasrian ini yang membuat wisatawan merasa nyaman dan betah. Pada pintu gerbang utama, wisatawan disambut beberapa patung yang berbaris layaknya prajurit. Pengunjung bisa pula berjalan-jalan di atas kolam melalui jalan setapak yang terbuat dari susunan batu berderet menyerupai jembatan. Batu-batu ini disusun membentuk segi enam. Tidak jauh dari Kolam Tirta Gangga terdapat taman kecil. Pada taman ini terdapat sebuah menara air setinggi 10 meter berbentuk seperti atap di pura. Air di kolam Tirta Gangga berasal dari dalam tanah. Bukan air isi ulang seperti umumnya kolam renang. Warga lokal meyakini air tersebut air suci yang lazim dipakai ketika menggelar upacara adat.

Mentari Pagi di Gunung Batur

Bali Timur memiliki sangat banyak dataran tinggi, seperti didapati di daerah Kintamani. Gunung Batur merupakan salah satu dari sejumlah objek wisata di Kintamani. Letusan gunung ini pada 1917 merusak sejumlah perumahan dan desa di sekitarnya. Namun, Gunung Batur terbilang aman bagi wisatawan. Di lereng Gunung Batur terdapat Danau Batur, danau terluas di Pulau Bali. Pada separuh perjalanan menuju puncak gunung, wisatawan sudah bisa menyaksikan keindahan Danau Batur dengan biru airnya yang menghampar luas. Gunung Batur memiliki kaldera berukuran 13,8 km x 10 km dan menjadikannya kaldera terbesar di dunia. Desa Penelokan, salah satu desa di tepi kaldera, menahbiskan diri

Tirta Gangga.

30

LIONMAG OKTOBER 2017


Menikmati matahari terbit (sunrise) di Gunung Batur adalah keputusan tepat. Sinar keemasan surya pagi memberikan kenangan tersendiri yang berkesan.

Gunung Batur.

sebagai salah satu objek wisata paling populer di Bali. Menikmati matahari terbit (sunrise) di Gunung Batur adalah keputusan tepat. Sinar keemasan surya pagi memberikan kenangan tersendiri yang berkesan. Perlu diingat, usahakan paling lambat pukul 05.30 sudah tiba di puncak agar tidak melewatkan momen berkesan tersebut. Butuh waktu sekitar 2 jam untuk sampai ke puncak.

Mempertahankan Tradisi

Tenganan adalah sebuah desa cukup terpencil di Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, yang memiliki keunikan tersendiri. Desa ini sangat tradisional karena mampu bertahan dari arus perubahan zaman. Warganya masih mempertahankan keaslian desa itu sehingga terlihat eksotis. Dalam kehidupan sehari-hari, warga Tenganan memiliki peraturan adat yang dipegang sangat kuat dan dipraktikkan secara ketat. Aturan

bernama awig-awig ini ditulis sejak abad ke-11 dan diperbarui pada 1842. Rumah Adat Tenganan dibangun dari campuran batu merah, batu sungai, dan tanah. Atapnya terbuat dari tumpukan daun rumbi. Bentuk dan ukuran Rumah Adat Tanganan relatif sama dengan sejumlah ciri khas, seperti ukuran lebar pintu masuk hanya untuk satu orang dewasa. Ciri lainnya, bagian atas pintu terlihat menyatu dengan atap rumah. Penduduk Desa Tenganan memiliki tradisi unik dalam merekrut calon pemimpin desa, yaitu melalui prosesi adat mesabar-sabatan biu (perang buah pisang). Calon pemimpin desa juga harus melewati proses pendidikan adat – sejenis tes psikologi bagi calon pemimpin desa saat ini. Tenganan berasal dari kata tengah atau ngatengahang yang bermakna ‘’bergerak menuju daerah lebih dalam’’. Kata tersebut berhubungan dengan pergerakan masyarakat desa dari daerah pinggir pantai ke perbukitan, yaitu Bukit Barat dan Bukit Timur.

Desa ini sangat tradisional karena mampu bertahan dari arus perubahan zaman. Warganya masih mempertahankan keaslian desa itu sehingga terlihat eksotis.

Aktivitas membakar sate lilit di Desa Tenganan. INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

31


Traveling Solo

Festival Payung Indonesia 2017

Indonesia Payung Kita Seberat badai terentang, sepanas terik kerontang, seringan maupun dahsyat keadaan, payung selalu dibutuhkan! TekS & Foto Paul I. Zacharia

32

LIONMAG OKTOBER 2017


A

dalah payung merupakan elemen utama, ramai disebut, sekaligus dibutuhkan hari-hari itu di Solo, Jawa Tengah. Selama sepekan perhatian dan pembicaraan hampir seluruh masyarakat Solo tercurah penuh pada payung. Bentuk serta peragaan payung tidak hanya sebagai perangkat fungsional, tetapi juga menjadi sebuah kebutuhan vital yang sangat dirasakan dan membikin nyaman. Mengapa Solo? Kota ini dipilih karena dinilai kondusif sekaligus lokasi yang dicap sangat tepat guna menggelar perkumpulan –suatu kesepakatan dan keseragaman– orang-orang budaya yang menggagas sebuah persetujuan. Kita sadari, Solo memang kerap dipilih sebagai venue beragam hajat budaya maupun gelaran estetika. Barangkali sejak dulu Solo terpilih secara alami guna meneguhkan, menetapkan, mematerikan, memperkokoh, serta memapankan suatu gagasan. Jika di kemudian hari kita larut terbawa dalam ide-rencanaeksekusi dan menjadi penyaksi program budaya yang selama ini telah dikenal dan diperkuat, tentu itu bukan sebuah kebetulan. INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

33


Solo memang layak dianggap sebagai salah satu embrio pergelaran seni budaya yang nyaris belum ada duanya di Tanah Air. Sekelumit sejarah budaya di Solo yang tidak bisa dilupakan adalah Matah Ati, sebuah gelaran budaya yang sangat menggegerkan sekaligus historis karena koreografi digarap dengan sangat apik dan rapi. Meski penggerak utama adalah para koreografer, tetapi di balik itu selalu hadir para pemerhati sekaliber Jay Subiyakto dan Fendi Siregar. Bermunculan pula pemotret-pemotret nasional ketika melihat keseriusan penggerak kesenian fotografi dan tarian berkolaborasi.

34

LIONMAG OKTOBER 2017

Pasti ada orang-orang yang aktif di balik semua pentas kesenian. Kali ini ada Fafa Utami, Heru Mataya, serta sejumlah aktivis muda yang berkolaborasi memunculkan gawe akbar yang menggiring Indonesia menjadi pelaku even-even budaya serius dan energik. Setelah Matah Ati, yang mereka besut berikutnya adalah Mangkunegoro Performing Arts. Gelaran-gelaran tersebut menjadi semacam pengawal budaya. Ibaratnya, juru kunci atau kuncen budaya di Jawa dan menjadi rujukan eveneven budaya berikutnya di Solo. Tidak terkecuali Festival Payung Indonesia (FPI) 2017 yang belum lama berlangsung. Keseluruhan prosesi

pembuka festival payung ini layak diacungi jempol. Kombinasi berbagai bahan pun berhasil dipadatkan dalam beberapa hari pelaksanaan. FPI 2017 mengambil tema ‘Sepayung Indonesia’. Tema ini, kata Ketua Pelaksana FPI 2017 Heru Mataya, sangat sesuai untuk menggambarkan masyarakat Indonesia dengan beragam latar suku, agama, ras, serta budaya masingmasing, tetapi tetap dalam satu payung bernama Indonesia. Payung kita semua adalah Indonesia. Dinamika dan warna kebhinnekaan Indonesia merupakan anugerah. Namun, akhir-akhir ini terjadi berbagai ancaman dalam wujud intoleransi. ‘’Jadi, lewat ini kami ingin merajut rasa persatuan bangsa,’’ kata Heru. Berbagai keriuhan dan kecantikan pada festival kali ini diperagakan atau disajikan di Pura Mangkunegaran –


sang induk sekaligus kuncen semua persitiwa budaya di Solo. ‘’Untuk maestro tari, terdapat beberapa nama besar semisal Didik Nini Thowok, Ayu Bulantrisna Djelantik, Hj Munasiah Daeng Jinne, dan lainnya. Enam maestro tampil pada penutupan acara 17 September,’’ ujar Heru. Ada pula fashion show kain lurik dan payung dari berbagai daerah di Indonesia, gelar pentas maestro tari di Indonesia. Peserta juga memiliki kesempatan mengikuti workshop fotografi oleh Darwis Triadi. Tidak kalah menarik pameran payung khas Thailand. Heru berharap Festival Payung Indonesia andil mengangkat nama Solo dan Indonesia di pentas dunia.

‘’Karena di Thailand festival payung sudah kuat selama 45 tahun. Paling tidak, nanti bisa sejajar dengan festival serupa di Thailand yang sudah sangat kuat itu serta bisa menambah jumlah wisatawan yang datang ke Solo,’’ kata Heru menguraikan. Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Esthy Reko Astuti sependapat. Selain Bali, wisatawan juga sangat layak mengunjungi Joglosemar (Jogja-SoloSemarang) yang juga masuk daerah branding pemasaran pariwisata internasional oleh kementeriannya. Tiga daerah tersebut memiliki potensi di bidang budaya, belanja, dan kuliner

yang mampu memikat kunjungan wisatawan mancanegara ‘’Semoga wisatawan juga membuat paketnya ke Solo setelah mengetahui daerah kita yang lain dan berkembangnya festival kita di daerah, termasuk Festival Payung Indonesia. Salah satu alasan turis mancanegara datang ke Indonesia adalah menikmati wisata alam dan budaya serta karya manusia. Sesuai portofolio pasar pariwisata, sektor wisata alam menyumbang 35 persen dan buatan manusia 5 persen,’’ kata Esthy menguraikan portofolio bisnis pariwisata yang dicanangkan kementerian pimpinan Arief Yahya itu. INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

35


36

LIONMAG OKTOBER 2017


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

37


Special Kopi Indonesia

38

LIONMAG OKTOBER 2017


Kopi Indonesia Kian Jadi Primadona

I

ndonesia diberkati letak geografis yang cocok bagi tumbuhnya kopi berkualitas. Iklim tropis serta banyak kontur tanah berupa pegunungan sangat cocok untuk pembudidayaan tanaman kopi arabika maupun robusta. Dari tiga jenis kopi di dunia (arabika, robusta, dan liberica), Indonesia termasuk negara penghasil robusta dan arabika terbesar sejagat. Siapa tidak kenal kopi arabika dari Indonesia seperti Aceh Gayo, Mandheling Sumatra, Lintong, Java, Bali Kintamani, Flores, Toraja, dan Papua. Semua sudah merebut hati

pencinta kopi dunia. Belum lagi varian baru yang kini semakin banyak bermunculan seperti bajawa, benteng ala, dan pulu-pulu. Varian ini kian memperkaya khasanah kopi arabika dari Indonesia. Tidak hanya di dunia, kopi juga kian banyak diminati di dalam negeri. Perkembangan bisnis kopi di Indonesia semakin masif. Di kotakota besar Indonesia mulai menjamur coffee shop dalam beragam konsep. Data yang dihimpun lokadata dari hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) Badan Pusat Statistik menunjukkan rerata konsumsi kopi per kapita penduduk Indonesia INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

39


cenderung stabil, yaitu berkisar antara 1,25 kg per tahun per penduduk. Sejak 2002 hingga 2014, tidak terjadi fluktuasi penurunan maupun penaikan secara signifikan. Salah satu penyebab stabilitas perkembangan konsumen tersebut adalah kian banyak konsumen memilih minum kopi di coffee shop. Tidak sekadar di rumah. Bahkan, budaya ngopi saat ini banyak pula melahirkan konsumen-konsumen berkarakter unik. Generasi baru jarang

40

LIONMAG OKTOBER 2017

mengonsumsi kopi sachet karena mereka bisa mengenal kopi langsung dari para barista di coffee shop.

Tren Ngopi di Coffee Shop Pada era 1990-an, kopi hanya milik segelintir masyarakat. Rutinitas padat dan tingkat tekanan pekerjaan menempatkan ngopi sebagai solusi peredam. Cara menikmatinya pun terbatas di warung kopi sederhana, pasar, hingga gerobak dorong yang juga menjual minuman lain.

Perlahan perubahan terjadi kala memasuki era 2000-an. Di era milenium baru ini, sedikit demi sedikit, bermunculan coffee shop yang mengenalkan menikmati kopi dengan cita rasa baru: espressobased yang diawali oleh hotel-hotel dengan mendatangkan langsung biji kopi dari produsen kopi ternama dunia. Kehadiran jaringan coffee shop internasional seperti Starbucks kian memperkuat terjadinya pergeseran budaya ngopi.


Berita tentang kenikmatan kopi luwak yang difavoritkan di Amerika Serikat semakin meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kualitas kopi Indonesia. Inilah titik balik pesatnya perkembangan coffee shop di kota-kota besar. Kehadiran Anomaly Coffee, coffee shop lokal yang mengandalkan kopikopi asli Indonesia, menjadi motor pergerakan budaya ngopi di coffee shop. Seiring dengan itu, pengetahuan masyarakat tentang kopi Indonesia juga meningkat. Hal ini tidak terlepas dari pendekatan peracik kopi (barista) yang mempersempit jarak dengan pelanggan. Mereka ramah mengajak pelanggan berbincang tentang kopi, mulai dari keunggulan hingga cara penyeduhan. Masyarakat pun mulai pengenal beragam teknik seduh manual. Banyak coffee shop lokal juga menyediakan alat seduh manual seperti Syphon, Pour over, Cold Brew, V61, hingga teknik seduh tradisional kopi tubruk. Setiap teknik penyeduhan memiliki karakter tersendiri meski menggunakan biji kopi yang sama. Inilah yang membuat minum kopi menjadi lebih kaya rasa, tergantung selera.

INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

41


Nyata sudah kopi Indonesia kian mendapatkan tempat di hati masyarakat. Apa pun bentuk penyajiannya, kopi bukan sekadar tren musiman.

Fenomena Es Kopi Susu Bisnis kopi tidak hanya berkembang sampai era seduh manual. Seiring kopi semakin menjadi bagian dari keseharian, muncul pula variasi-variasi kopi sehingga masyarakat kian banyak memiliki pilihan dalam menikmati kopi. Bahkan, muncul tren es kopi susu yang mulai dipopulerkan oleh Gerai Kopi Tuku lewat produk ‘’Es Kopi Susu Tetangga’’. Setelah Presiden RI Joko Widodo datang langsung ke Gerai Kopi Tuku di kawasan Cipete Raya, Jakarta, es kopi susu langsung menjadi primadona.

42

LIONMAG OKTOBER 2017

Ia seakan menjadi minuman wajib ada di setiap coffee shop. Yang lebih dulu hadir sebelum Gerai Kopi Tuku pun ikut mengeluarkan varian es kopi susu. Jika ada perbedaan, itu terletak pada penambahan sejumlah rasa. ‘’Sekarang permintaan roasting kopi medium-dark semakin meningkat seiring tingginya permintaan es kopi susu. Medium-dark memang lebih manis dan memiliki karakter body kuat dibandingkan roasting light yang biasa untuk specialty coffee,” ujar Anazh Nasihudin, Store Manager Kozi.

Lab. Di tempatnya, Anazh menyajikan es kopi susu dengan campuran sirup pisang yang diberi nama ‘’Es Kosangsu’’. Nyata sudah kopi Indonesia kian mendapatkan tempat di hati masyarakat. Apa pun bentuk penyajiannya, kopi bukan sekadar tren musiman. Kopi Indonesia semakin mendapatkan posisi sebagai tuan di rumah sendiri setelah lama menjadi jawara di pentas dunia. Bisnis kopi di Indonesia sukses menghadirkan secangkir kopi dalam beragam rasa.


DESTINATION SACRED MOMENTS FOR YOUR

20

% OFF

WEDDING

PACKAGE Valid from 1 July 2017 - 17 December 2017 *Terms & Conditions Apply

Jl. Raya Denpasar Bedugul KM.36 Tabanan, Bali - Indonesia Hunting : +62368 203 3363 Fax : +62368 203 3365 Reservation : +62 811 3867 683 (Mansyur)

www.secretgarden.co.id thesecretchamber Secret Garden Village info@secretgarden.co.id FOTO Makhfud Sape

INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

43


44

LIONMAG OKTOBER 2017


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

45


Destination Saung Angklung Udjo

Merindu Simfoni Bambu Nada-nada indah mengalun dalam tempo kadang lambat, tetapi tidak jarang cepat membakar semangat, dari bilah-bilah bambu alat musik angklung. Lahirlah simfoni indah. Gelak tawa penuh ceria para pemain mewarnai suguhan apik budaya tradisional Sunda di Saung Angklung Udjo Bandung. TekS & Foto Ristiyono

A

ngklung bukan sekadar alat musik. Angklung juga mampu menyatukan beragam pribadi dan membentuk harmoni indah yang bisa dinikmati banyak orang. Bermain angklung bersama bisa membangun emosi kebersamaan, semangat kompak, bagi sesiapa pun pemainnya. Terlebih angklung bakal sangat menarik jika dimainkan secara massal. Tidak mengherankan jika keberadaan angklung memunculkan beragam komunitas pencinta. Mereka tidak hanya suka memainkan

46

LIONMAG OKTOBER 2017

angklung, tapi juga berusaha sekuat tenaga melestarikannya turuntemurun agar alat musik tradisional tersebut tidak dimakan zaman. Saung Angklung Udjo (SAU) di Kota Bandung, Jawa Barat, merupakan sanggar angklung terbesar di Tanah Air saat ini. Di sanggar ini bisa didapatkan beragam pengalaman untuk berkenalan dengan budaya Sunda. Selain menikmati pertunjukan musik angklung, pengunjung juga berkesempatan belajar bersama memainkan alat musik tradisional tersebut. Bahkan, proses pembuatan angklung juga bisa disaksikan di saung ini.

Suasana baru langsung dirasakan begitu menjejakkan kaki di SAU. Suasana khas Tatar Parahyangan yang begitu asri, nyaman, serta menenteramkan. Keharmonisan antara alam dan budaya begitu kental terasa sejak memasuki area parkir luas dikelilingi rindang rumpun bambu. Beberapa jenis pohon bambu, seperti bambu kuning, tumbuh subur di areal ini. Dari areal parkir tersebut, sudah terdengar sayup-sayup alunan musik angklung. Beranjak dari tempat parkir, berbagai macam kerajinan tangan yang dipajang rapi di toko souvenir menyambut pengunjung.


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

47


Sebagian besar barang kerajinan di toko ini khas Jawa Barat. Bangunan tokonya juga sangat tradisional. Seluruh konstruksi berbahan bambu. Memasuki bagian dalam toko yang cukup luas, pengunjung bisa mendapati deretan hasil kerajinan tangan yang unik dan menarik. Berbagai cinderamata itu, antara lain, gantungan kunci berbentuk angklung, tas, kaus, lukisan, wayang golek, angklung dengan berbagai ukuran dan nada, hingga seperangkat kelengkapan angklung. Di toko ini pengunjung juga bisa mencoba memainkan angklung sebelum membelinya. Mengingat pertunjukan angklung di SAU digelar pada jam-jam tertentu setiap hari, maka sebelum jam pertunjukkan tersebut pengunjung bisa berkeliling menikmati Kompleks SAU.

48

LIONMAG OKTOBER 2017

Selain toko souvenir di bagian depan, di Kompleks SAU pengunjung bisa pula menikmati kesegaran alam di taman yang terletak di bagian belakang. Tamannya luas, berumput hijau dengan pepohonan rindang, serta dilengkapi beberapa saung untuk bersantai. Rileks. Jika ingin melihat sekilas proses pembuatan angklung, pengunjung bisa menuju areal workshop di bagian belakang SAU. Menempati sebuah saung yang tidak begitu luas, bisa disaksikan kesibukan dan kepiawaian seorang pengrajin membuat angklung. Sebenarnya proses pembuatan angklung bisa pula disaksikan di bagian depan, tepatnya di toko souvenir. Namun, demonstrasi di bagian belakang tersebut lebih komplet mengingat prosesnya

ditunjukkan sejak awal hingga angklung siap dimainkan. Di areal workshop pembuatan angklung ini, setiap pengunjung akan disambut ramah Pak Rahmat yang berpengalaman selama lebih dari 41 tahun membuat angklung. Dari rangkaian proses pembuatan angklung tersebut, terdapat satu proses yang sangat menarik, yaitu cara menyetem nada. ‘’Menyetem nada angklung dilakukan dengan cara menyerut tabung bambu. Jika nada kurang rendah, sisi kanan dan kiri tabung diserut. Jika ingin menaikkan nada, bagian atas tabung bambu yang diserut,’’ kata Pak Rahmat menjelaskan. ‘’Untuk menyimpan angklung itu tidak sulit. Cukup ditutup dengan kain atau plastik agar tidak terkena debu, juga jangan sampai terkena


Semua sesi pertunjukan sangat atraktif. Namun, tampaknya yang paling membuat pengunjung terkesan adalah sesi Bermain Angklung Bersama.

air. Secara berkala, angklung harus dimainkan atau paling tidak digoyanggoyang agar tidak rusak oleh jamur. Angklung bisa tahan hingga puluhan tahun jika dirawat dengan benar,� ujar Pak Rahmat menambahkan.

Sajian Musik Angklung Pusat atraksi paling menarik adalah pertunjukan kesenian khas Jawa Barat, khususnya alat musik angklung, yang dikemas secara menarik serta atraktif. SAU menjadwalkan empat kali pertunjukan, yaitu pagi hari pukul 10.00-11.30, siang pukul 13.00-14.30, sore pukul 15.30-17.00, serta malam

pukul 18.30-20.00 WIB. Pertunjukan digelar di pendopo yang berada di tengah-tengah Kompleks SAU. Di pendopo berbentuk amphitheater, setiap pertunjukan berdurasi satu setengah jam itu dibagi dalam beberapa sesi, yaitu Demontrasi Wayang Golek, Helaran, Tari Topeng, Tari Merak, Angklung Mini, Arumba, Angklung Masal Nusantara, Bermain Angklung Bersama, Angklung Orkestra, dan ditutup Menari Bersama. Semua sesi pertunjukan sangat atraktif. Namun, tampaknya yang paling membuat pengunjung terkesan adalah sesi Bermain Angklung

Bersama. Pada sesi ini semua pengunjung dipinjami satu angklung dan memainkannya sesuai isyarat tangan sang konduktor. Dari sesi tersebut bisa dirasakan langsung bahwa angklung bisa dimainkan massal dengan sangat mudah. Pengunjung kanak-kanak pun mampu memainkannya berkat konduktor yang sangat komunikatif sambil sesekali menyelipkan kata-kata humor. Suasana pun membuncah ceria. Seluruh pengunjung, domestik maupun mancanegara, merasa bangga bisa memainkan angklung bersama. Sesi Angklung Orkestra juga membuat seluruh pengunjung berdecak kagum. Seorang pemain memegang lebih dari sepuluh angklung dalam nada berbeda dan memainkan lagu-lagu yang cukup sulit seperti Bohemian Rhapsody-nya Queen. Pada akhir acara, seluruh pengunjung diajak bergembira dengan menari bersama di tengah aula diiringi alat-alat musik bambu. Sebuah hari pemberi pengalaman seru yang mungkin susah didapatkan di tempat lain. Sebuah pengalaman yang membuat Anda terus merindu simfoni bambu. INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

49


Automotive

Nissan BladeGlider

Mengusung Intelligent Mobility dalam Kehidupan 50

LIONMAG OKTOBER 2017


Menggunakan baterai powertrain canggih yang sepenuhnya elektrik, Nissan BladeGlider memberikan performa serta handling dinamis mengagumkan. Kesenangan berkendara emisi nol semakin lengkap dengan posisi mengemudi di tengah serta dua penumpang di belakang. Teks Riman Saputra N Foto Dok. Nissan

INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

51


R

io de Janeiro, Brasil, dipilih Nissan Motor Co. Ltd untuk memperkenalkan kendaraan prototype-nya yang futuristik, Nissan BladeGlider. Kendaraan ini menggabungkan emisi nol dengan performa tinggi dalam desain mobil sport revolusioner. Dikembangkan dari konsep mobil yang kali pertama dibeber pada Tokyo Auto Show 2013, prototype-nya kemudian hadir di Brasil sebagai simbol teknologi masa depan yang menggabungkan intelligent mobility, efek ramah lingkungan, serta kemampuan mengemudi mobil sport. ‘’Prototype ini melambangkan drive Nissan untuk memperluas strategi intelligent mobility, yaitu kombinasi kesenangan mengemudi dengan tanggung jawab pada lingkungan. Nissan percaya peminat seharusnya menatap ke depan pada emisi nol di masa mendatang. Nissan BladeGlider merupakan perwujudan sempurna atas hal tersebut. Inilah kendaraan elektrik bagi pecinta mobil,’’ kata Carlos Ghosn, President dan Chief Executive Officer Nissan Motor Co. Ltd. Debut prototype Nissan BladeGlider merupakan wujud komitmen berkesinambungan Nissan bagi pengembangan kendaraan emisi nol serta teknologi baru automotif, di antaranya sistem kemudi otonom dan konektivitas. Nissan sebelumnya menjual mobil emisi nol dalam jumlah tertinggi di dunia melalui LEAF serta pelopor sistem intelligent

52

LIONMAG OKTOBER 2017


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

53


mobility yang akan terus diterapkan pada sejumlah kendaraan hingga beberapa tahun ke depan. Melalui Nissan BladeGlider, Nissan mempertahankan visi kelincahan. Sedangkan efisiensi EV memberikan dimensi baru berkendara yang menarik dan menyenangkan. Sesuai namanya pula, kendaraan ini akan glide (meluncur) berkat keheningan performa berkat powertrain elektrik dan bentuk aerodinamisnya.

Desain Setelah pengerjaan desain, engineering, serta pengembangan selama dua tahun, kajian berikutnya pada daya pikat real-life membuahkan potensi performa EV nan canggih. Sebagai perlambang intelligent mobility, kehadiran Nissan BladeGlider merepresentasikan

54

LIONMAG OKTOBER 2017

filosofi pembuatan mobil yang lebih menarik melalui pendefinisian ulang tentang cara kendaraan ini dikendarai, ditenagai, serta diintegrasikan dalam masyarakat. Model yang diperlihatkan memiliki konfigurasi sasis canggih dengan track depan sempit serta track belakang lebih lebar demi efisiensi aerodinamis serta optimalisasi stabilitas handling. Nissan BladeGlider memiliki dimensi panjang 4300 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.300 mm dengan berat 1.300 kg. Pintu dihedral high-waisted serta rear-hinged memberikan kesan dramatis saat masuk dan keluar kabin. Atap terbuka Nissan BladeGlider diperkuat struktur perlindungan roll-over terpadu yang memberikan kegembiraan terhadap

sebuah mobil balap beratap terbuka dengan keamanan model coupe. Kontrol sistem roda Nissan BladeGlider menghadirkan informasi ke layar display canggih penunjuk kecepatan, status pengisian baterai, mode regenerasi, dan peta torsi. Mengapit layar tengah, terdapat dua layar yang dipasang tepat di belakang roda depan untuk melihat ke belakang melalui rekaman gambar yang dihasilkan kamera. Cermin alternatif pada pintu dan desain layar ganda tersebut demi peningkatan efisiensi aerodinamis Nissan BladeGlider. Pengemudi duduk dalam formasi kepala panah. Ia berada sedikit lebih depan ketimbang dua penumpang yang bisa menikmati rang cukup panjang untuk kaki. Kaca depan kokpit yang mulus memberikan tampilan panorama bagi semua penumpang Nissan BladeGlider.


Nissan BladeGlider ditenagai 100 persen listrik berperforma powertrain luar biasa. Mobil ini dibekali mesin berdaya 200 KW (268 tenaga kuda) serta torsi mencapai 707 Nm.

Performa Nissan BladeGlider ditenagai 100 persen listrik berperforma powertrain luar biasa yang dihasilkan Williams Advanced Engineering. mitra teknis Nissan di Inggris untuk proyek Nissan BladeGlider. Mobil ini dibekali mesin berdaya 200 KW (268 tenaga kuda) serta torsi mencapai 707 Nm. Saat demonstrasi, Nissan BladeGlider mampu mencapai kecepatan maksimal hingga lebih dari 190 km/jam, sementara untuk akselerasi 0-100 km/jam diwujudkan dalam tempo kurang dari 5 detik. Dorongan bagi roda belakang disediakan dua motor elektrik 130kW – satu untuk masing-masing roda. Sistem Nissan BladeGlider juga memiliki vectoring torsi. Maka, tercipta pengendalian torsi menuju roda kemudi untuk meningkatkan handling yang lebih baik. Dengan vectoring torsi, jika kendaraan mulai understeer, secara otomatis sistem tersebut akan mengirimkan torsi lebih ke roda luar untuk mengembalikan keseimbangan handling. Sistem vectoring torsi juga dirancang untuk menambah pengalaman berkendara, bukan demi

pengaturan. Sistem ini memiliki tiga pengaturan, yaitu mode off, agile, dan drift. Sementara tenaga dipasok lima modul baterai lithium-ion 220 KW dengan performa tinggi. Juga dikembangkan sistem pendingin bespoke untuk baterai maupun motor.

Interior Nissan BladeGlider memiliki interior yang merefleksikan perhatian kendaraan pada nuansa sport dengan pengikat keamanan empat titik untuk setiap penumpang. Sedangkan kursi menawarkan dukungan luar biasa untuk sisi samping dan kaki

pengemudi maupun penumpang. Kursi di-trim dalam campuran taktil berkualitas tinggi antara kain dan lapisan resin epoxy yang menghasilkan material tangguh serta grippy berefek hunian yang nyaman pada tempatnya. Dua warna trim, Cyber Green dan Stealth Orange, dipakai pada bagian atas kursi belakang serta dibingkai material perak reflektif demi tampilan sporty dan eye-catching. Bagian dasar tempat duduk berwarna hitam itu menggunakan material berpola dengan band trim hijau serta oranye membingkai bantalan. INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

55


Destination Nanshan

LIONMAG OKTOBER 2017 56Patung tertinggi Dewi Guanyin di dunia yang letaknya sedikit menjorok ke laut.


Nanshan Cultural Tourism Zone

Patung Guanyin Tertinggi Sejagat Bagi para pemeluk Agama Buddha, sejak dulu Nanshan lekat dengan predikat sebagai tempat yang diberkati. Legenda dalam ajaran Buddha menyatakan, Guanyin mengucapkan 12 sumpah untuk menolong rakyat miskin. Salah satu sumpahnya adalah tinggal di Laut China Selatan. Di Nanshan, berdiri Patung Dewi Guanyin tertinggi di dunia. TekS & Foto Riman Saputra N.

INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

57


P

embukaan rute penerbangan carter Lion Air dari Jakarta ke Sanya, China, memberikan saya kesempatan menyaksikan langsung Patung Guanyin tertinggi di dunia. Patung megah ini berdiri di kawasan Nanshan Cultural Tourism Zone – atraksi bertema budaya yang mengintegrasikan pemandangan laut tropis, tradisi pemeluk Buddha di China, tradisi umur panjang, serta sajian wisata alam dan liburan.

58

LIONMAG OKTOBER 2017

Terletak sekitar 40 kilometer arah barat daya dari Sanya, Provinsi Hainan, terdapat Gunung Nanshan pada satusatunya kota wisata tropis dan pesisir di China tersebut. Nah, pada area gunung di wilayah paling selatan daratan China ini Nanshan Cultural Tourism Zone berdiri. Sejak resmi dibuka pada 12 April 1998, atraksi bertema kultural terus dikembangkan dan kini menjadi mahkota permata pariwisata Provinsi Hainan. Bahkan banyak orang mengatakan Nanshan Cultural Tourism Zone merupakan ikon wisata Sanya.

Dharma-Door of Nonduality Sinar matahari langsung menyengat kulit tubuh saat saya keluar dari bus. Panasnya melebihi di Jakarta. Bagaimanapun, inilah Sanya. Kota di China yang selalu tropis dengan pesonanya.

Usai membeli tiket, gapura indah dan megah khas China menyambut. Nama gapura ini Dharma-Door of Nonduality. Pintu dharma merupakan pintu masuk menuju dharma (ajaran tata cara maupun metode latihan demi pencerahan serta prinsip nondualitas untuk bisa mencapai nirwana). Dharma-Door of Nonduality merupakan gerbang masuk menuju sebuah tempat yang dipenuhi semangat indah ajaran Buddha di Nanshan. Pada bagian luar gapura tertulis ‘’nondualitas’’, sementara di bagian dalam bertulisan ‘’keesaan’’. Keduanya merujuk makna yang sama. Cuaca panas tidak terasa lagi kala memasuki pintu dharma. Kemegahan gapura dan hijau pepohonan (ada yang dibentuk menyerupai burung merak) berpadu indah dengan langit biru menjadi sajian mengesankan. Selain


(kiri) Dharma-Door of Nonduality yang berdiri megah menyambut kedatangan para pengunjung. (atas) Pengunjung yang tetap bersembahyang dengan sungguh-sungguh walaupun matahari bersinar sangat terik.

tanaman berbentuk burung merak, juga terdapat sebuah gong. Keduanya bisa menjadi spot menarik untuk berfoto. Terdapat pula kertas-kertas kecil berisi doa dan harapan tergantung di pepohonan. Toko-toko berderet menawarkan aneka souvenir, mulai dari patung, kalung, hingga gantungan kunci.

Keliling Naik Kereta Saya bersama rombongan antre untuk menikmati jasa kereta (mobil yang dibentuk menyerupai odongodong di Indonesia). Kereta ini akan membawa pengunjung berkeliling. Selain cuaca panas, area Nanshan Cultural Tourism Zone juga begitu luas sehingga tidak memungkinkan kami menjelajahi semuanya dengan berjalan kaki dalam hitungan jam. Di

sini, terlalu banyak tempat menarik yang bisa dinikmati. Nanshan Cultural Tourism Zone terdiri atas tiga taman bertema khusus. Nanshan Buddhist Culture Park berfungsi sebagai jendela menuju China yang kaya filosofi bermakna mendalam. Sajian tema ini kerap memicu antusiasme pengunjung atas pencerahan dan moralitas. Struktur utama pada taman ini termasuk Nanshan Temple, Guanyin Cultural Garden, Tianzhu Saint Vestige, Scenic Garden for Buddhism, Shifangtalin, Guigen Garden, Communication Center for Buddhist Culture, serta jalan yang banyak dipenuhi penjaja makanan dan perbelanjaan. Tema berikutnya disajikan melalui Felicity and Longevity Culture Park. Ini merupakan taman dengan koleksi esensi budaya China dan bertujuan

menciptakan suasana damai, harmonis, serta bahagia. Selanjutnya, dinapasi pesona biru langit dan lautan, sinar matahari serta pasir, arsitektur hutan dan terumbu karang, Nanshan Custom Park secara efektif menyajikan pemandangan alam di pesisir Laut Selatan serta budaya dan kebiasaan Suku Li dan Miao. Hampir semua tempat terlewati, tetapi saya hanya bisa menikmatinya sambil lewat saja. Kuil-kuil tampak berdiri megah dari depan. Tamantaman hijau dipenuhi pepohonan memberikan nuansa tersendiri. Bisa jadi yang agak sayang untuk dilewatkan adalah Golden Jade Guanyin Statue yang tersusun oleh lebih dari 100 kilogram emas setinggi 3,8 meter. Patung ini berada dalam salah satu kuil. Dari luar kuil ini sudah menampakkan diri bernuansa emas. INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

59


Letak patung Dewi Guanyin sedikit menjorok ke Laut China Selatan sehingga sering kerap disebut sebagai ‘’Goddess of the Sea Guanyin Statue’’.

Pilar-pilar yang menjulang tinggi menyambut pengunjung yang hendak melihat kemegahan patung tertinggi Dewi Guanyin.

Sea Guanyin Statue Setelah berkeliling, kereta berhenti di tempat paling terkenal dan ikonik di Nanshan Cultural Tourism Zone. Tempat berdirinya patung raksasa Dewi Guanyin. Tempat ini sejatinya sudah dilewati kereta yang kami tumpangi, tetapi sebatas lewat saja. Dari kejauhan, tampak patung tersebut berdiri megah. Inilah patung Dewi Guanyin tertinggi di dunia.

60

LIONMAG OKTOBER 2017

Tingginya 108 meter – lebih tinggi dari patung Liberty di New York, Amerika Serikat, yang setinggi 93 meter. Letak patung Dewi Guanyin sedikit menjorok ke Laut China Selatan sehingga sering kerap disebut sebagai ‘’Goddess of the Sea Guanyin Statue’’. Tersedia jalanan lurus untuk memasuki area bawah patung berwarna putih tersebut. Tidak hanya

merepresentasikan patung kelas dunia, patung Dewi Guanyin itu juga mengindikasikan kebangkitan Provinsi Hainan dalam industri pariwisata global. Patung Dewi Guanyin memiliki tiga sisi. Satu sisi menghadap daratan dan dua lainnya mengarah ke laut. Sisi-sisi hadap ini menggambarkan berkat serta perlindungan yang diberikan Dewi Guanyin untuk China dan seluruh dunia. Salah satu sisi menggambarkan Guanyin memeluk sutra di tangan kiri, tangan kanan menyimbolkan Vitarka Mudra. Sisi lainnya, telapak tangan disilangkan dan memegang seikat manik-manik doa. Sedangkan sisi ketiga sedang memegang teratai. Ketiganya merepresentasikan kedamaian, kebijaksanaan, serta kasih sayang. Terdapat beberapa tempat untuk sembahyang serta menyimpan hio. Pengunjung pun difasilitasi dan dimudahkan untuk bersembahyang. Suasana sembahyang terasa khidmat dan sempurna karena dilakukan di alam terbuka. Nuansa Buddha begitu kental dirasakan di sini.


nov des

Goat Run Trail – Running Series 2017 (3 Desember) Festival Danau Toba - Samosir, Sumut (6 – 9 Desember) Biggest Bollywood Live Concert – Batam (9 Desember) Hari Nusantara 2017 - Maluku Utara (13 Desember) Kenduri Seni Melayu di Batam – Batam, Kepri (25 – 26 Desember) Lovely Desember – Toraja, Sulsel (26 - 30 Desember)

*tanggal dan kegiatan dapat berubah sewaktu-waktu

okt

Bromo Tengger Ultra - Jawa Timur (3 – 5 November) Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia – Bintan (4 - 5 November) Tour de Central Celebes - Sulawesi Selatan (4 – 11 November) Festival Pesona Lakey - Lombok, NTB (4 - 10 November) Festival Pesona Gili Indah - Lombok, NTB (5 - 6 November) Festival Wayang Nusantara - Sawahlunto, Sumbar (9 - 11 November) Festival Way Kambas - Lampung (11 – 13 November) Festival Senja di Kaimana - Papua Barat (14 - 16 November) Festival Tabuik - Pariaman, Sumbar (16 November) Tour de Singkarak - Sumatera Barat (18 - 26 November) Festival Geopark Belitung – Belitung (22 – 26 November) Festival Pesta Pesona Ya'ahowu – Nias (24 - 27 November) Wakatobi Wave 2017 - Wakatobi, Sultra (28 - 30 November) Sail Sabang 2017 - Sabang, Aceh (28 November - 5 Desember) Ekspedisi Bukit Tatan Samatuan - Kalimantan Tengah Bintan Reebok Spartan Race - Bintan, Kepri

Bromo Marathon – Bromo, Jatim (1 Oktober ) Festival Belitong – Tanjung Kelayang (5 - 10 Oktober) Festival Gandrung Sewu - Banyuwangi, Jatim (8 Oktober) Funbike Tour de Karimun - Kab. Karimun, Kepri (8 Oktober) Festival Kora – Kora - Ternate, Maluku Utara (10 - 12 Oktober) Trade Expo Indonesia (TEI) 2017 – ICE BSD, Tangerang (11 - 15 Oktober) Festival Bogowonto – Purworejo, Jateng (29 September – 1 Oktober) Festival Sungai Carang - Kepri (16 -18 Oktober) Batam International Piano Competition – Batam (21 - 22 Oktober) Widi International Fishing Tournament 2017 – Maluku Utara (25 – 29 Oktober) Festival Bahari Alor - Alor & Rote, NTT (28 Oktober) Festival Budaya Wira Bangsa - Surabaya, Jatim (28 Okt - 10 Nov) Festival Bahari Kepri - Tanjung Pinang, Kepri (29 Oktober) Jakarta Marathon - Jakarta (29 Oktober) Festival Pesona Budaya Pangandaran - Pangandaran, Jabar Marine Festival di Bintan - Bintan, Kepri Petualangan Bahari Komodo - Labuan Bajo, NTT Sail Indonesia to Bintan - Bintan, Kepri Dragon Boat Race di Tanjung Pinang - Tanjung Pinang, Kepri Festival Petualang Nusantara - Yogyakarta Wonderful Sail Indonesia to Winni – NTT

KALENDER PARIWISATA

2017

www.indonesia.travel indonesia.travel @indtravel indonesia.travel

INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

61


Culinary Manisnya Masa Lalu

Permen Cokelat Payung Permen cokelat berbentuk payung ini menjadi salah satu kegemaran anak-anak. Bentuk yang khas dengan bungkus warna-warni menjadi incaran anakanak hingga saat ini. Permen cokelat jadul ini tidak mudah meleleh.

Permen Telur Cicak Permen berbentuk bulat kecil warna warni ini menjadi kesukaan masa kecil. Biasanya di dalamnya berisi kacang kedele yang dibalut gulagula, sehingga rasanya manis gurih.

Manisnya Masa Lalu Kenangan manis itu akan selalu indah untuk dikenang. Ceria masa kanak-kanak takkan lepas dari ingatan. Salah satunya adalah jajanan semasa kita kecil. Ya, berbagai macam permen sempat melekat di masa itu. Sebut saja, permen cokelat payung, permen karet bulat, permen telur cicak, cokelat ayam jago, dan masih banyak lagi. Saat ini, berbagai macam jajanan masa kecil tersebut menjadi barang langka. Dan akan menjadi kebahagiaan tersendiri saat kita mendapatinya. Teks & Foto Ristiyono

62

LIONMAG OKTOBER 2017


Permen Karet Bulat Permen karet ini biasanya dikemas dalam satu toples besar. Warna-warni cerah memang menjadi daya tarik bagi anak-anak. Harganya lumayan murah dan soal rasa tidak beda dengan permen karet lainnya. Hanya saja kalau sudah dikunyah lama kelamaan jadi agak terasa keras dan susah ditiup menjadi balon.

Permen Davos Salah satu permen mint pertama di Indonesia yang cukup bertahan lama pada masanya. Bungkus biru dengan tulisan berwarna putih menjadi ciri khasnya. Rasanya semriwing melegakan tenggorokan.

Rambut Nenek Makanan yang satu ini memang sangat unik namanya. Ya, rambut nenek atau juga sering disebut arum manis ini sangat disukai anak-anak. Bentuknya seperti kumpulan helai rambut dan rasanya sangat manis. Bahan utama untuk membuat rambut nenek adalah gula pasir dan tepung terigu.

INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

63


64

LIONMAG OKTOBER 2017


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

65


Speaker Bluetooth Teknologi nirkabel (wireless) terus berkembang. Setelah ponsel dan laptop, giliran speaker bluetooth menawarkan pengalaman pada tingkat kenyamanan baru dalam mendengarkan musik. Bluetooth dinilai sebagai standar wireless global untuk perluasan jangkauan konektivitas perangkat. Teknologi ini memungkinkan kita berbagi musik, video, foto, data, serta informasi lain secara nirkabel saat terhubung ke perangkat lain. Pada gilirannya penerapan teknologi ini berlaku pula untuk speaker, sehingga muncul speaker bluetooth. Teknologi bluetooth pada speaker memungkinkan komunikasi antarperangkat, seperti saat menghubungkan speaker bluetooth dengan smartphone. Cara kerjanya, smartphone mengirimkan gelombang radio ke speaker, speaker menerima dan memproses gelombang radio tersebut, lantas gelombang radio (baik dalam bentuk musik atau suara) akan diperkuat menggunakan speaker. Selama receiver masih dalam ketentuan jangkauan, portabilitas tinggi mampu diberikan speaker bluetooth yang

66

LIONMAG OKTOBER 2017

terhubung ke perangkat lain. Sebagian besar speaker ini cukup kecil dan ringan, sehingga mudah dibawa dan disimpan di mana saja. Speaker bluetooth membutuhkan daya rendah, tetapi suara yang dihasilkan berkualitas tinggi. Yang tidak suka diribetkan dengan urusan kabel, speaker bluetooth jadi pilihan tepat. Terlebih, speaker wireless ini mampu menghasilkan suara mengesankan, termasuk pengalaman suara berkelas teater. Kenyamanan lainnya, speaker bluetooth tidak memerlukan instalasi atau konfigurasi, tetapi disesuaikan otomatis. Speaker bluetooth cocok dibawa pergi piknik atau liburan karena wireless dan portable serta mudah terhubung ke perangkat lain seperti smartphone dan laptop. Bentuknya pun beragam dan penuh warna. Berikut beberapa speaker bluetooth unik dari brand ternama di bidang audio.

(foto: www.beoplay.com) (foto: shop.fender.com)

Hot Stuff

Fender Monterey & Newport Fender Monterey dan Newport merupakan speaker bluetooth yang memiliki desain ampli klasik Fender 68 Custom, lengkap dengan knop, tombol, grill, dan label Fender yang sama. Fender Monterey berukuran lebih besar dengan bodi kayu serta dibekali 2 woofer 5.12 inci dan 2 tweeter 1 inci dengan total produksi output suara 120 W. Speaker ini harus terpasang ke colokan listrik untuk asupan tenaganya. Sementara Fender Newport hadir dengan 2 woofer dan 1 tweeter pada total output suara 30W plus baterai isi ulang yang bisa digunakan hingga 12 jam.

Bang & Olufsen BeoSound Shape BeoSound Shape memadukan desain artistik fungsional serta mampu menjadi pemanis pada tembok ruangan rumah. BeoSound Shape adalah sistem audio wireless bergaya modular dengan sekelompok desain panel berbentuk heksagonal. Satu set BeoSound Shape terdiri atas delapan panel heksagonal dari beragam komponen seperti speaker, amplifier, peredam akustik,


(foto: en.devialet.com)

(foto: www.bang-olufsen.com)

Devialet Gold Phantom Dirancang sebagai produk premium, Gold Phantom dilapisi rose gold 22 karat. Speaker yang diproduksi di Prancis ini memiliki daya 4.500 watt dengan intensitas 108 dB. Meski ukurannya tergolong kecil, Gold Phantom mampu menghadirkan suara selevel konser musik rock. Gold Phantom mengusung tweeter dari titanium murni yang diklaim sebagai jenis material terbaik. Speaker ini juga dibekali teknologi ADH Intelligence, mengombinasikan ampilfikasi analog serta kekuatan amplifikasi digital. Gold Phantom bisa

(foto: v-moda.com)

(www.masterdynamic.com)

dan BeoSound Core sebagai otak dari seluruh kecanggihan BeoSound Shape. BeoSound Core merupakan sebuah terminal yang mendukung beragam fitur seperti AirPlay, ChromeCast, Spotify Connect, Bluetooth 4.1, WiFi, serta mendukung sistem BeoLink. BeoSound Shape mendukung format audio resolusi tinggi 24 bit/96khz.

tersambung via Wi-Fi, Bluetooth, Ethernet, dan kompatibel dengan Spotify Connect dan Apple AirPlay; serta menyuguhkan musik dari smartphone, tablet, PC, TV, CD, hingga vinyl.

woofer 4 inci dari bahan kevlar, sebuah tweeter Titanium 1,5 inci, ampli class-D berkekuatan 100 watt, serta dilengkapi dukungan Chromecast, Bluetooth 4.1, dan input aux serta optikal.

V-Moda Remix Bluetooth Master & Dynamic MA770 Master & Dynamic MA770 mengusung gaya modern minimalis hasil kerja sama Master & Dynamic dengan arsitek kenamaan Sir David Adjaye. MA770 tidak hanya memiliki desain menawan, tetapi juga berbodi solid dari komposit beton. Master & Dynamic meyakini material tersebut mampu meningkatkan efek peredaman dan mengurangi resonansi sehingga suara yang dihasilkan lebih jernih. Mengingat kemampuannya meredam suara sangat tinggi, pengguna tidak perlu khawatir saat memutar musik pada volume maksimal karena suara yang dihasilkan tidak akan terdistorsi. Untuk produksi suara, speaker ini dibekali sepasang

Remix, speaker HiFi portabel perdana dari V-Moda ini dilengkapi sepasang speaker berkekuatan 10 watt yang mampu menghasilkan suara pada frekuensi 20 hingga 20.000 Hz, koneksi bluetooth hingga 10 meter, baterai yang tahan memutar musik hingga sekitar 10 jam, serta teknologi V-Moda VAMP yang bisa mengubahnya menjadi ampli portabel dengan output tenaga 83 MW x 2. Enam sisi bodi Remix juga bisa dikustomisasi sesuai selera dengan teknologi cetak 3D, pilihan material fiber, emas 14 karat, dan platinum. Remix juga dilengkapi USB-C dan mikrofon sehingga bisa dipasangkan dengan Echo Dot untuk berinteraksi dengan asisten virtual Amazon Alexa atau asisten virtual lain. INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

67


Hot Stuff

Fat Bob 2018

Terbesar dan Paling Agresif dari Harley-Davidson Awal tahun ini, Harley-Davidson merilis lini Softail baru dengan siluetnya yang unik, agresif, dan spesifikasi performa hebat. Harley-Davidson Fat Bob 2018 memiliki mesin dengan Milwaukee-Eight 107 atau 114 di bawah pelana yang menghasilkan perpindahan 1746cc dan torsi 110 lb-ft di ujung jari. Harley-Davidson juga melengkapi motor dengan knalpot 2-1-2 yang terinspirasi performa dengan finishing kontras khusus, garpu terbalik untuk kepresisian handling, pencahayaan LED, suspensi depan performa tinggi, serta ban depan lebar 130mm dan ban belakang 150mm membungkus velg 16 inci. Inilah yang terbesar dan paling agresif yang ditawarkan merek legacy. Harley-Davidson Fat Bob 2018 dibanderol mulai dari US$17.000. (foto: motorcycles.harley-davidson.com)

Lily Drone Next-Gen

Drone Lipat Pembaruan Konsep Lily Drone Mota Group tidak secara mentah mewujudkan konsep awal Lily Drone. Lily Drone Next-Gen racikan Mota Group tampil dengan sederetan pembaruan. Kaki-kaki Lily Drone Next-Gen bisa dilipat untuk menghemat tempat dan bodinya dirancang lebih ringan dengan bobot hanya 385 gram. Kameranya bisa merekam video hingga resolusi 4K di 60fps, merekam video gerakan lambat 120fps di resolusi 720p dan menghasilkan foto hingga resolusi maksimum 13 megapixel. Kamera tersebut telah mendapat dukungan sistem penstabil internal dan sistem penstabil elektronik. Baterainya bisa digunakan untuk terbang selama 18 menit. Lily Drone Next-Gen dibanderol mulai dari US$500. (foto: www.mota.com)

68

LIONMAG OKTOBER 2017


Caterpillar Cat S41

Smartphone Tangguh dengan Baterai Besar

Caterpillar S41 hadir dengan bodi berbalut proteksi tinggi. Caterpillar Cat S41 memiliki lapisan Gorilla Glass 5 yang anti lecet, serta masih responsif meski tangan basah atau menggunakan sarung tangan. Smartphone ini memiliki bodi bertekstur soft-touch. Cat S41 sudah melalui pengujian MIL SPEC 810G untuk ketahanan terhadap benturan ketika jatuh dari ketinggian maksimal 1,8 meter. Cat S41 pun memiliki sertifikasi IP68 sehingga mampu bertahan dalam air hingga kedalaman 2 meter selama 1 jam. Cat S41 dibekali layar 5 inci Full HD, prosesor octa-core 2.3GHz, RAM 3GB, memori internal 32GB lengkap dengan slot microSD, dan baterai kapasitas 5000mAh. Caterpillar Cat S41 dibanderol US$535. (foto: www.catphones.com) INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

69


Hot Stuff

Sennheiser HD1 Free

Earphone Wireless yang Simple Earphone wireless Sennheiser HD1 Free memiliki desain konvensional yang minimalis dan ringkas dimana kedua earpiece (driver/speaker) dihubungkan kabel. Bahannya menggunakan stainless steel dan memiliki magnet di kedua earpiece-nya. HD1 Free menggunakan koneksi Bluetooth 4.2 yang mendukung AAC dan apt-X Low Latency yang bisa mengantarkan suara dengan latency rendah. Baterainya bisa digunakan untuk mendengarkan musik hingga 6 jam. Earphone wireless ini juga memiliki mikrofon untuk melakukan panggilan. HD1 Free dibanderol US$199,95. (foto: en-us.sennheiser.com)

HPC Revolution X

Sepeda Gunung Elektrik dari Hi-Power Cycles HPC Revolution X adalah sepeda gunung elektrik dari Hi-Power Cycles yang berbasis di Los Angeles. Inti dari tunggangan dengan watt tinggi ini adalah frame aluminium 6061-T6 buatan tangan bersama braket dasar aluminium CNC, headtube, swingarm, tabung kursi, dan shock mount. Selain itu, hadir dengan standar mesin listrik 5.000W dan pilihan upgrade 6.000W yang akan membantu melaju hingga 60mph. Sepeda gunung elektrik ini juga dilengkapi dengan RockShox Boxxer World Cup Fork 203mm dan shock Vivid R2C Air. HPC Revolution X yang dirancang dengan kemampuan off-road ini dibanderol US$11.500. (foto: www.hi-powercycles.com)

Sony RX0

Kamera Mungil untuk Profesional Sony RX0 hadir dengan bentuk sangat kecil dengan dimensi bodi 61Ă—40.6Ă—30.5mm dan bobot 110.6 gram. Bodinya juga anti air hingga 10 meter, tahan bantingan dari ketinggian 2 meter, dan sanggup menahan beban hingga 200kg. Meski bodinya mungil, namun Sony tidak memosisikan Sony RX0 sebagai kamera aksi. RX0 dibekali lensa Tessar T* 24mm f/4 dari Carl Zeiss, sensor CMOS EXMOR RS 1 inci 15.3 megapixel, prosesor BIONZ X, pengaturan ISO maksimum hingga 12,800, kecepatan rana kamera maksimum hingga 1/32000, dan bisa menghasilkan foto format RAW. Untuk para videografer, RX0 sanggup menghasilkan video hingga resolusi Full HD 1080p di 60fps, dan 4K dengan tambahan recorder eksternal. Dengan tambahan Sony FAWRC1M, Anda juga bisa mengendalikan hingga 15 Sony RX 0 di waktu yang sama. Sony RX0 dibanderol US$700. (foto: www.sony.com)

70

LIONMAG OKTOBER 2017


Postcard

Beijing

Megahnya Tembok Besar China Tembok Besar China yang sarat sejarah ini masuk dalam situs warisan dunia UNESCO sejak 1987. Tembok selebar lima meter ini dilengkapi menara pengintai, menara suar, dan pintu gerbang. Setiap beberapa kilometer terdapat pos-pos besar berupa ruangan seluas 5m x 4m. pos-pos ini seringkali dijadikan tempat beristirahat bagi mereka yang kelelahan maupun yang mengabadikan keindahan The Great Wall yang tampak meliuk-liuk membelah pegunungan. Tembok ini memang dibangun dari bukit yang satu ke bukit lain, sambung menyambung di sisi gunung ke sisi gunung lain hingga 8.851 km. MAKHFUD SAPPE JAKARTA


beijing 01.10.2017

C H IN A


Postcard

ara

su

Moramo esi tengg law

I

A

01.10.2017

N

DO

NE

SI

Air Terjun 7 Undakan Air Terjun Moramo adalah tempat wisata yang berada di Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Air terjun ini memiliki tujuh undakan yang bagi masyarakat setempat merupakan anugerah alam menakjubkan, karena air terjun tersebut dipercaya masyarakat sebagai tempat mandi para bidadari yang turun dari langit. Obyek wisata ini juga memiliki sumber daya alam berupa batu marmer yang kandungannya diperkirakan mencapai 860 milyar meter kubik. Rahmad La Dae KENDARI

Dieng

a tengah jaw

Gunung Prahu

Job Surya Raga Djuang TANGERANG

Kirimkan foto Anda beserta cerita di balik foto tersebut ke email : postcard.lionmag@gmail.com

I

Gunung Prahu merupakan gunung yang tertinggi di dataran tinggi Dieng, menjulang 2590 meter di atas permukaan laut. Gunung Prahu cocok bagi pendaki pemula karena tidak terlalu tinggi dan pemandangan sekitarnya sangat indah. Dari puncaknya Gunung Sindoro dan Sumbing tampak sangat dekat, dan tampak Gunung Merapi, Merbabu, serta Slamet di kejauhan. Gunung ini terdiri dari beberapa bukit dipenuhi padang rumput seperti bukit Teletubies.

A

01.10.2017

N

DO

NE

SI


More Information / Reservation : SURABAYA TOURISM INFORMATION CENTER Jl. Gubernur Suryo 15 Surabaya Telp. 62 31 534 0444 Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya Gedung Siola Lt.2 Jalan Tunjungan 1 - 3 Surabaya Telp. 031 5318524 www.sparkling.surabaya.go.id

SEKOLAH KEBANGSAAN

23 Oktober - 8 November 2017 Sebuah program edukatif bagi pelajar di Surabaya dengan mengunjungi serta berdialog dengan Ibu Walikota ditempat-tempat yang memiliki nilai sejarah di Surabaya.

WISATA KEPAHLAWANAN “HEROIC TRACK”

20 Oktober - 7 November 2017

Tur keliling ke tempat-tempat bersejarah yang mempunyai cerita pada saat pertempuran 10 November 1945.

PARADE SURABAYA JUANG

Minggu, 5 November 2017, Pukul 08.00 - selesai. Parade Juang menampilkan iring-iringan bertema sejarah pertempuran 10 November yang akan menempuh rute historis mulai dari Tugu Pahlawan hingga Taman Bungkul.

PARADE SURABAYA

JUANG 2017 Memperingati Hari Pahlawan 10 November 1945

5

MBER

NOVE


Info

Lion Air Group Raih Papan Atas OTP Survei Oag Flightview

Lion Air Group masuk jajaran atas maskapai di Indonesia dengan tingkat ketepatan waktu penerbangan (on-time performance/OTP) tertinggi. Survei tersebut dilakukan berdasarkan laporan OAG flightview pada Juni 2017. Lembaga riset itu melakukan survei di lebih dari 80 persen jadwal penerbangan seluruh dunia. Salah satu surveinya mengenai tingkat ketepatan waktu penerbangan di hampir seluruh maskapai dan bandara dunia. Di Indonesia, maskapai Batik Air mendapatkan OTP sebesar 86,7 persen di posisi 2 Indonesia dan peringkat 26 dunia. Maskapai Lion Air mendapatkan OTP sebesar 81,6 persen di posisi 3 Indonesia dan peringkat 47 dunia. Dalam laporan itu juga menyebut, maskapai Citilink Indonesia mendapatkan OTP 90,9 persen di posisi pertama Indonesia dan peringkat 14 dunia dengan hanya 6.552 penerbangan. Maskapai Garuda Indonesia memiliki OTP 69,2 persen di posisi 4 di Indonesia dan peringkat 76 dunia. Di sisi lain, maskapai Sriwijaya Air memiliki OTP 59,9 persen di posisi

5 Indonesia dan peringkat 91 dunia. Maskapai Indonesia AirAsia memiliki OTP 56,5 persen di posisi 6 Indonesia dan peringkat 98 dunia. Maskapai Indonesia AirAsia X memiliki OTP 55,6 persen di posisi 7 Indonesia dan peringkat 101 dunia. Untuk kategori jumlah penerbangan di atas 10 ribu, Batik air menempati peringkat ketiga OTP terbaik Asia Pasifik setelah Japan Airlines dan All Nipon Airways. Jumlah penerbangan juga sangat memengaruhi tingkat OTP. Maskapai dengan penerbangan paling banyak juga semakin sulit mencapai OTP tertinggi. Dalam laporan itu juga menyebut peringkat dunia berdasarkan jumlah penerbangan, Maskapai Lion Air memiliki 19.183 penerbangan sehingga menduduki peringkat 29 dunia. Jumlah penerbangan Batik Air mencapai 10.492 penerbangan menduduki peringkat 62 dunia. Maskapai Garuda Indonesia memiliki 18.300 penerbangan di peringkat 33 dunia. Citilink Indonesia memiliki 6.552 penerbangan dan berada di peringkat 99 dunia.

PERINGKAT KETEPATAN WAKTU PENERBANGAN MASKAPAI DI INDONESIA - JUNI 2017 Maskapai

OTP (%)

Peringkat

Tingkat Pembatalan

Citilink Indonesia

90,9

14

0,1

Batik Air

86,7

26

0,3

Lion Air

81,6

47

0,1

Garuda Indonesia

69,2

76

0,8

Sriwijaya Air

59,9

91

0,1

Indonesia Air Asia

56,5

98

0,0

Indonesia Air Asia X

55,6

101

0,8 Sumber: OAG flightview

PERINGKAT DUNIA BERDASARKAN JUMLAH PENERBANGAN MASKAPAI DI INDONESIA - JUNI 2017 Jumlah Penerbangan (%)

Peringkat Global

6.552

99

10.492

62

19.183

29

18.300

33

6.918

93

2.560

168

1.463

224 Sumber: OAG flightview

Maskapai Sriwijaya Air memiliki 6.918 penerbangan di peringkat 93 dunia. Sementara itu, Maskapai Indonesia AirAsia memiliki 2.560 penerbangan di peringkat 168 dunia dan Maskapai Indonesia AirAsia X memiliki 1.463 penerbangan di peringkat 224 dunia. Dalam rilis laporan itu juga menyebut, maskapai Himalaya Airlines dari Nepal menduduki peringkat pertama dalam OTP di Asia Pasifik sebesar 100 persen. Namun hanya memiliki 156 penerbangan dan menduduki peringkat 344 global. Lion Air Terima Boeing 737 MAX 8 Lion Air Group menerima pesawat kedua jenis Boeing 737 MAX 8. Pesawat berbadan sempit (narrow body) yang dipesan dari pabrikan asal Amerika Serikat (AS) itu tiba di Indonesia awal Juli dan dioperasikan untuk penerbangan regional Lion Air. Seluruh direksi dan sejumlah karyawan Lion Air Group menyambut kedatangan Boeing 737 MAX 8 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Cengkareng. Prosesi penyambutan dilakukan dengan water salute ke tubuh pesawat dan pecah kendi oleh Presiden Direktur Lion Air Group Edward Sirait dan Manajer Direktur Lion Air Group Capt Daniel Putut Kuncoro. “Sebagai maskapai pertama di Indonesia yang mengoperasikan MAX 8 tentunya kami sangat bangga. Ini prestise bagi penerbangan Indonesia bisa menjadi launch customer,” ujar Edward. Menurut Edward, pesawat ini punya kelebihan menarik dibanding pesawat Boeing terdahulu. Penggunaan bahan bakar pesawat lebih irit hingga 15 persen karena menggunakan mesin dan desain double winglet terbaru. Pesawat ini mampu menempuh perjalanan hingga 9 jam, dua jam lebih lama dari pesawat jenis Boeing lain akibat penghematan bahan bakar. Pesawat Boeing 737 lain hanya mampu terbang 7 jam per hari. “Penghematan bahan bakar ini bisa mendorong penurunan harga tiket, tergantung situasi,” ujarnya.


SSQ

Situational Awareness Mungkin Anda berpikir setiap penerbangan mengalami rutinitas yang sama, terutama untuk pilot dan awak kabin. Banyak orang percaya bahwa awak pesawat selalu terbang dengan rute yang sama dari hari ke hari, rutinitas yang sama seperti pergi setiap hari ke kantor atau tempat kerja yang sama. Semua pemikiran ini jauh dari kenyataan, rute pilot dan awak kabin selalu berubah setiap hari dan setiap hari berbeda untuk mereka. Untuk memastikan pelaksanaan penerbangan yang aman, awak pesawat harus benar-benar mengetahui setiap detail dan keadaan penerbangan agar dapat mengendalikan situasi. Kami menyebutnya Situational Awareness (SA) sebagai pemahaman unsur-unsur dalam lingkungan ruang dan waktu, pemahaman terhadap makna dan proyeksi status mereka dalam waktu dekat. Setiap penerbangan memiliki kondisi yang berbeda, bahkan saat terbang di rute yang sama dari hari ke hari. Oleh karena itu, kebiasaan yang sama disetiap harinya tidak diperbolehkan dalam Flight Safety. Untuk pilot atau awak kabin, SA merupakan gambaran mental tentang hubungan dengan lokasi, kondisi penerbangan, keadaan pesawat, juga faktor lain yang bisa mempengaruhi keselamatan seperti terlalu dekat dengan daratan, keberadaan penghalang, airspace reservation, serta cuaca. Dalam industri penerbangan, seperti pada kebanyakan sistem dan organisasi lain, orang tidak hanya bekerja sebagai individu, tapi juga sebagai anggota tim. Maka penting dipertimbangkan bahwa SA tidak hanya untuk perorangan. Bukan hanya awak pesawat yang harus memperhatikan SA, pengontrol lalu lintas udara, staf lapangan yang mendukung operasi pesawat, dan semua staf yang terlibat dalam penerbangan harus memperhatikan SA dengan benar serta membiasakan diri dengan keadaan eksternal dan faktor lingkungan. Memang tidak mudah mempertahankan SA. Terdapat beberapa faktor yang dapat mengurangi SA, seperti gangguan, kebingungan, kebisingan, dan gangguan komunikasi. Itulah alasan mengapa kita melatih orang untuk menjaga SA yang memadai dalam situasi apa pun. Jika awak pesawat telah memenuhi syarat untuk melakukan pekerjaan, kualifikasinya tidak hanya mengenai pengalaman atau jam terbang. Pelatihan untuk selalu mempertahankan SA secara maksimal menjadi sebuah keharusan pada semua maskapai Lion Group. Selamat menikmati penerbangan Anda dengan aman dan nyaman

Perhaps you may think every flight is the same routine, especially for the Pilots and the Flight Attendants. Many people believe that the crews always fly the same route day after day, same routine as going every day to the same office or working place. All this ideas are far from the reality, Pilot and Flight Attendants change the route to fly every day and every day is different for them. To ensure the safe conduction of the flight, the Crew must fully aware about every detail and circumstance of the flight to cope with the situation. We called Situational Awareness (SA) as the perception of the elements in the environment within a volume of time and space, the comprehension of their meaning and the projection of their status in the near future. Every flight is different even flying in the same route day after day. Routine is not allowed in Flight Safety. For a pilot or a Flight Attendant, SA means having a mental picture of the existing interrelationship of location, flight conditions, state of the aircraft as well as any other factors that could be about to affect its safety such as proximity to the terrain, obstructions, airspace reservations and weather. In the Airline Industry like in many other systems and organizations, people work not just as individuals, but as members of a team. Thus, it is necessary to consider the SA of not just individual team members. Not just the crew of an aircraft has to maintain the SA, the air traffic controllers, the ground staff supporting the aircraft operation and all the staff involved in the flight have to maintain the correct SA to adapt to the external circumstances and environmental factors. To always maintain the necessary SA is really not an easy task, there are many factors that could reduce the SA, distractions, confusion, noise, communication problems may result in reducing the SA. That is the reason why we train people to maintain the adequate SA under any circumstance. When a Crew Member is properly qualified to perform the job, the qualification is not just a matter of experience or flying hours. Training to always maintain maximum SA is a must in all Lion Group airlines.

Capt. Jose Fernandez Corporate Safety Director Lion Group

Have a safe and pleasant flight


LION GROUP FLEET

1 UNITS Boeing 747 - 400 506 seats ECONOMY

3 UNITs AIRBUS A330-300 440 SEATS ECONOMY

70 UNITS Boeing 737 - 900 ER 215 SEATS ECONOMY

35 UNITS BOEING 737 - 800 NG 189 SEATS ECONOMY Rata-Rata usia pesawat : 3 Tahun 6 Bulan

3 UNITS Boeing 737 MAX 8 180 seats economy

6 UNITS Boeing 737 - 900 ER TOTAL 180 SEATS 168 seats economy - 12 seats business

8 UNITS Boeing 737 - 800 NG TOTAL 162 SEATS 150 seats economy - 12 seats business

35 UNITS AIRBUS A 320-200 CEO TOTAL 156 SEATS 144 seats economy - 12 seats business Rata-Rata usia pesawat : 7 Bulan

6 UNITS Boeing 737 - 900 ER TOTAL 180 SEATS 168 seats economy - 12 seats business

23 UNITS Boeing 737 - 800 NG TOTAL 162 150 seats economy - 12 seats business

3 UNITS Boeing 737 MAX 8 180 seats economy

18 UNITS ATR 72-600 Rata-Rata usia pesawat : 1 Tahun

17 UNITS Boeing 737 - 900 ER 215 SEATS ECONOMY

10 UNITS Boeing 737 - 800 NG TOTAL 162 150 seats economy - 12 seats business Rata-Rata usia pesawat : 7 Bulan

20 UNITS ATR 72-500 72 seats economy.

34 UNITS ATR 72-600 72 seats economy. Rata-Rata usia pesawat : 2 Tahun 6 Bulan

2 UNITS HAWKER 900XP Rata-Rata usia pesawat : 2 Tahun 5 Bulan


WELCOME ABOARD

Selamat Datang

Apa yang harus Anda ketahui tentang keamanan, kenyamanan dan keselamatan Anda di dalam pesawat. What you need to know about the security, comfort and safety in the aircraft.

PERALATAN ELEKTRONIK Electronic devices Untuk penggunaan laptop dan PDA boleh dipergunakan setelah fasten seatbely “OFF” dengan menggunakan flight mode. Setelah fasten seatbelt “ON” untuk persiapan mendarat makan penumpang harus mematikan penggunaan laptop dan PDA tersebut. For the use of laptops and PDAs may be used after the fasten seat belt off and using flight mode. After the fasten seat belt on in preparation for landing, the passengers have to turn off the laptop and PDA users. BARANG-BARANG BERBAHAYA LAINNYA Dangerous goods Barang-barang yang mudah terbakar (seperti korek api), meledak (petasan), material yang mengandung magnet, baterai, tabung gas, tidak diperbolehkan untuk dibawa. The goods are flammable (such as matches), explode (firecrackers), containing material magnets, battery, gas cylinders, are not allowed to be brought. MEROKOK Smoke Peraturan Pemerintah melarang kegiatan merokok selama dalam penerbangan. Terdapat detektor asap di semua toilet dan akan dikenai sanksi bagi yang melanggar aturan. Government regulations prohibit smoking during in-flight activities, there are smoke detectors in all toilets and will be subject to penalties for those who break the rules. BAJU PELAMPUNG Live vest Jaket/Baju Pelampung merupakan salah satu peralatan keselamatan di pesawat untuk kondisi darurat di atas air, jangan keluarkan jaket/baju pelampung dari tempat dalam kondisi normal dan tidak untuk dibawa pulang. Penumpang akan mendapatkan hukuman bagi yang mencuri jaket/ baju pelampung berdasarkan Peraturan Pemerintah Pasal 54 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009.

Live vest is one of safety equipment in the aircraft for emergency condition on water, please do not remove live vest from the place in normal condition and do not to take home. Passengers will get punishment who stole the live vest based on Government regulations. Article 54 of Law No. 1 of 2009 (Pasal 54 undangundangnomer 1tahun 2009). MINUMAN BERALKOHOL Alcohol beverage Lion Air tidak menyediakan minuman beralkohol di seluruh penerbangannya, dan seluruh penumpang Lion Air dilarang mengonsumsi minuman beralkohol selama penerbangan berlangsung. Lion air does not provide alcohol in lion air flight service, passengers are prohibited from consuming alcohol during the flight. WANITA HAMIL PREGNANCY WOMEN Usia kehamilan di atas 28 minggu diwajibkan menyertakan surat keterangan medis yang menyatakan penumpang sehat secara medis untuk ikut dalam penerbangan. Dan mengisi formulir pertanggungan risiko Form of Indemnity (FOI). A pregnancy age over 28 weeks is required to include a medical certificate stating that passengers are medically fit to participate in the flight. And fill out the form of risk called Form of Indemnity (FOI). PERJALANAN DENGAN ANAK-ANAK Travelling with kids Lion Air tidak menyediakan makanan bayi untuk rute domestik dan popok tidak disediakan di pesawat. Lion Air hanya menyediakan air panas untuk susu bayi. Lion air does not provide baby food for domestic service, diapers are also not provided on the plane. Lion air only provide hot water for baby milk. UTAMAKAN KESELAMATAN Safety Priority • Sabuk pengaman harus selalu terpasang sewaktu take-off dan landing. Dianjurkan untuk selalu memasang seat belt selama penerbangan. Seat belts should always be installed during take-off and landing. It is recommended to always put the seat belt during flight. • Barang bawaan harus diletakkan di atas kepala atau di bawah kursi di depan Anda. Luggage must be placed on top of the head or under the seat in front of you.

• Silahkan membaca kartu instruksi keselamatan yang terdapat di dalam kantong kursi. Di kartu tersebut Anda bisa mengetahui pintu darurat dan letak jaket pelampung. Please read the safety instruction card that is present in the seat pocket. In the card you can determine the location of the emergency exit and a life jacket. • Perhatikan baik-baik demo keselamatan dan instruksi yang diberikan oleh cabin crew. Look carefully the safety demonstration and instructions which given by the cabin crew BAGASI Baggage Barang atau benda tajam harus dipak dalam bagasi dan tidak diperkenankan untuk dibawa ke dalam bagasi kabin. Bawalah benda berharga dalam tas yang Anda bawa sendiri. Goods or sharp objects should be placed in the trunk and not allowed to be brought into the cabin baggage. Bring precious objects in the bag you carry yourself. Perhatikan berat bagasi Anda. Note the weight of your luggage - Carry on baggage (Bagasi Kabin) tidak lebih dari 7 kg Carry-on baggage (bagasi kabin) not more than 7KG - Bagasi untuk Rute Domestik & Internasional Baggage for domestic & international route: Kelas Ekonomi / Economy class: 20 kg

40 cm

PONSEL Mobile phone Semua ponsel dan peralatan elektronik yang menggunakan pemancaran radio tidak diperbolehkan selama berada di dalam pesawat, hal ini sangat mengganggu sistem navigasi dan komunikasi dengan menara pengawas setempat. All mobile phones and electronic devices that use radio transmission is not allowed during the flight, it can be disturbing system navigation and communication with local control tower

30 cm

20 cm


LION AIR GROUP ROUTE MAP

80

LIONMAG OKTOBER 2017


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

81


KIDZONE

82

LIONMAG OKTOBER 2017


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

83


86

LIONMAG OKTOBER 2017


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

87


88

LIONMAG OKTOBER 2017


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

89


90

LIONMAG OKTOBER 2017


LIONMAG OKTOBER 2017  

travel, leisure, lion air, flores, bali, solo, kopi, nissan bladeglider, saung angklung udjo, nanshan, hainan

Advertisement