Page 1

AUTOMOTIVE Db11 Volante-Evolusi Terbaru Convertible Sports Gt

The Inflight Magazine of Lion Air

DESEMBER 2017

Liburan di

5 Pantai Istimewa

TIDAK DIBAWA PULANG


Contents

Desember 2017 123.12

32.

Contents

20

Special 5 Pantai Eksotis

26

50.

Travel Sketch Bogor

32

Traveling Yogyakarta

38

56. 44

Traveling Jodipan

38.

Destination Jakarta

50

Automotive Aston Martin

56

Destination Sekaten


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

5


64.

62.

Regular

Lion Air Section

10

74

News Around

Info

14

76

Leisure

Aircraft Fleet

16

77

Wisdom in The Air

Welcome Aboard

62

78

Culinary

Route Map

64

80

Hot Stuff

KidZone

70

Postcard

Paul I. Zacharia

Paul I. Zacharia, Penggemar foto dan traveling ini juga sering menjadi juri lomba foto lokal dan nasional. Ia kerap menulis di media nasional. Dalam edisi kali ini Paul mengajak pembaca untuk mengunjungi kampung Jodipan yang sering disebut Kampung Warna Warni. Kini Jodipan memiliki instalasi Jembatan Kaca, yang memiliki jembatan dengan landasan transparan.

Contributors

Reza Fitriyanto

Mantan wartawan harian lokal di Kota Solo yang saat ini menekuni dunia fotografi perjalanan. Saat ini berdomisili di Yogyakarta dan aktif melakukan penjelajahan ke berbagai daerah sebagai fotografer lepas. Dalam edisi ini, Reza mengajak menyaksikan perayaan akbar bertajuk Pasar Malam Perayaan Sekaten yang lokasinya berada di Alun-Alun Utara Yogyakarta. Putaran bianglala, dengung suara sirine komidi putar, musik remix dangdut, hingga penjual mainan perahu otok-otok melebur bersama riuh suara kerumunan orang-orang di malam yang dingin.


Cockpit’s Note

Lion Air Group Terus Menambah Pesawat Baru Penumpang yang budiman, Sebagai penyedia jasa transportasi udara kami menyadari bahwa penumpang sekalian menginginkan pelayanan penerbangan yang aman dan nyaman. Untuk itu kami terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kami. Baik segi kualitas sumber daya manusia maupun ketersediaan armada pesawat. Untuk memenuhi kebutuhan armada pesawat yang terus meningkat, maka kami terus mendatangkan pesawat baru. Bulan lalu Lion Air Group kembali menerima kiriman pesawat Boeing 737 MAX8 yang digunakan oleh maskapai Lion Air. Kemudian juga menerima kiriman pesawat Airbus A320-200 untuk memperkuat armada maskapai Batik Air dan Airbus A330-300 yang merupakan pesawat berbadan lebar digunakan oleh maskapai Thai Lion Air. Hingga saat ini Lion Air Group telah mengoperasikan 296 unit pesawat dan kedepannya akan terus bertambah jumlahnya. Selain terus menambah pesawat baru, perawatan pesawat juga menjadi prioritas kami. Perawatan pesawat ini kami pusatkan di Batam Aero Technic. Hal ini akan menjamin seluruh pesawat dalam kondisi prima sebelum dipakai untuk melayani penerbangan penumpang sekalian. Pada kesempatan ini juga keluarga besar Lion Air mengucapkan “Selamat Hari Raya Natal 2017 dan Menyongsong Tahun Baru 2018” kepada seluruh penumpang yang merayakannya. Kiranya damai Natal menyertai kita semua. Akhir kata, selamat menikmati penerbangan Anda bersama Lion Air. Salam,

President Director Rudy Lumingkewas Director of Safety & Security Capt. Eduard Kallisto Pardede Director of Operation Capt. Zwingly Silalahi Director of Technics Beni Purnama Director of Commerce Achmad Hasan Director of General Affairs & Finance Edward Sirait General Manager Service Ari Azhari

Publisher & Editor In Chief Makhfud Sappe Editor Ristiyono, Faisyal, Riman Saputra N, Dody Wiraseto, Priyanto Sismadi Marketing Fransiska Ririn Tri Astuti, Sahman Ahmad Tjambolong, Fernandito Haka (Bali) Art Director Gerald Manuel Illustrator & Designer Richard Archie F. Mandagie, M. Saleh Hanif Finance & Administration Ade Kristanti, M. Zaky, M. Solichin

Rudy Lumingkewas President Director Lion Air

Advertising Hotline Lionmag: 0821 10 88 22 00 Fax.: +62 (21) 3151668 Email: edlionmag@gmail.com

Issn: 1979-4185

Beragam informasi tentang dunia traveling dan lifestyle di Lionmag ini bisa dibaca di www.lionmag.net www.lionmag.net LIONMAG INFLIGHT MAG

8

www.issuu.com/lionmagazine

LIONMAG DESEMBER 2017


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

9


NEWS AROUND

Batik Air dan Gran Mahakam

Dukung Pariwisata Indonesia

Lion Air Group Terima Pesawat Baru Lion Air menerima pesawat ke-8 tipe Boeing B 737 MAX 8 dengan nomor registrasi PK-LQI pada Rabu (15/11) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Pesawat dikirim langsung dari pabrikan Boeing di Seattle, Washington pada 13 November 2017 oleh tim pilot dan teknisi Lion Air Group. Tahun depan Lion Air akan menerima 7 pesawat Boeing 737 MAX 8. Boeing akan terus mengirim pesawat pesanan Lion Air Group secara bertahap hingga kedatangan terakhir pada 2028. Lion Air Group sudah menerima 7 pesawat hingga pertengahan 2017. Pesawat pertama dioperasikan maskapai penerbangan Malindo Air di Malaysia. Sebelumnya, Batik Air juga sudah menerima pesawatnya yang ke-51. Pesawat bernomor registrasi PKLUY, mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada 1 November 2017 pukul 13.15 WIB setelah lepas landas dari pabrikan Airbus di Toulouse, Perancis 31 Oktober pukul 11.00 waktu setempat. “Ini pesawat ke37 jenis Airbus A320-200 Batik Air dari total pesanan 234 unit,” kata pilot in command Capt. Surjo Djoko di Jakarta, Rabu (1/11). Menurut Surjo, ini pesawat terakhir kiriman Airbus di 2017. Pada Februari 2018, akan datang lagi satu pesawat jenis yang sama Airbus A320-200 sebagai pesawat yang ke-38.

Thai Lion Air

Sambut Pesawat Wide Body Pertamanya Thai Lion Air menyambut armada pesawat terbarunya dengan tipe Airbus A330-300 dari Airbus Company, Toulouse di Prancis pada 22 November 2017. Airbus A330300 milik Thai Lion Air dilengkapi dengan in-flight entertainment di setiap kursi, sehingga para pelanggan dapat menikmati sajian film, musik, dan permainan dalam perjalanannya. Aswin Youngkirativorn, CEO Thai Lion Air mengatakan, “Ini merupakan pesawat wide body pertama Thai Lion Air, 28 armada lainnya merupakan jenis narrow body. Pesawat ini di desain dengan corak batik di bagian buntutnya yang merupakan identitas budaya dari Indonesia”.

12

LIONMAG DESEMBER 2017

Hotel Gran Mahakam Kebayoran Baru Jakarta dan maskapai Batik Air menjalin kerjasama dengan meluncurkan “Batik Frequent Flyer” yang akan memberikan manfaat bagi Gran Mahakam, Batik Air, maupun pengguna maskapai Batik Air. “Kerjasama dengan Hotel Gran Maham ini dilakukan untuk menuju visi yang sama. Batik Air ingin memperluas jaringan kerjasama dengan hotel-hotel di Indonesia dengan tujuan untuk memudahkan penumpang Batik Air melakukan perjalanannya di Indonesia,” ujar Poerwoko Soeparyono, GM Service Batik Air.

Joint Venture

Proyek Apartemen Sayana Pada 15 November 2017 di Hotel Mandarin Oriental Jakarta diadakan acara seremonial penandatanganan kerjasama antara Damai Putra Group dan Nishitetsu Group (Jepang). Acara ini menandakan dimulainya kerjasama (joint venture) untuk pembangunan proyek “Sayana Apartments” yang akan dibangun di Kota Harapan Indah, kota mandiri terbesar yang dikembangkan oleh Damai Putra Group. Damai Putra Group diwakili oleh Johanes Mardjuki selaku Presiden Direktur dan Nishitetsu Group diwakili oleh Toru Shigemizu selaku Wakil Direktur Divisi.


NEWS AROUND GVC Mengembangkan Sayap ke Negeri Jiran

Aloft Jakarta Wahid Hasyim Resmi Dibuka

Marriott International meresmikan pembukaan Aloft Jakarta Wahid Hasyim, yang sekaligus menjadi Aloft pertama di Indonesia. Mengedepankan gaya modern yang dinamis dan teknologi terkini, Aloft Wahid Hasyim membawa brand Aloft melalui pertunjukan musik live, desain dan inovasi baru ke ibukota. “Aloft Jakarta Wahid Hasyim akan menjadi sebuah hub yang hidup, wisatawan lokal dan internasional dapat saling terkoneksi melalui pertunjukkan musik dari bandband terbaru.” tutur Mike Fulkerson selaku Wakil Direktur Brand & Marketing Asia Pacific Marriott International.

AccorHotels

#WelcomeHeroes Merayakan ulang tahun ke-50 yang jatuh pada 19 November 2017, AccorHotels menyambut para “pahlawan” di lingkungan sekitar mereka, seperti pekerja sosial, relawan, pemadam kebakaran, perawat dan guru, yang bekerja setiap hari melayani komunitas sekitar hotel. Lebih dari 2,000 AccorHotels di seluruh dunia, termasuk 500 hotel di Asia Pasifik dan lebih dari 110 hotel di Indonesia terlibat aktif. AccorHotels berbagi dalam kegiatan sarapan, barbeque, konser, bahkan mengundang mereka menginap sebagai tamu hotel.

14

LIONMAG DESEMBER 2017

Swiss-Belboutique

Hadir di Yogyakarta Swiss-Belhotel International, merupakan grup manajemen hotel peraih penghargaan “Indonesia Leading Global Hotel Chain” memperkenalkan properti dengan konsep warisan budaya daerah unik yaitu Swiss-Belboutique Yogyakarta. Hotel bintang 4-5 dengan 121 kamar ini diluncurkan dengan brand ‘Swiss-Belboutique’ untuk menonjolkan beberapa keunikan yang dimiliki dari segi lokasi, desain bangunan kontemporer yang disesuaikan untuk kebutuhan perjalanan bisnis maupun wisata, ditambah dengan kenyamanan yang elegan dan suasana menenangkan, di samping pelayanan personal kelas dunia. SwissBelboutique berada di lokasi strategis, tidak jauh dari Monumen Tugu dan Keraton Yogyakarta. Kehadirannya membuat suasana Yogyakarta semakin meriah.

Dalam rangka meningkatkan kunjungan wisata ke Malaysia dan sebaliknya, meningkatkan kunjungan wisatawan Malaysia ke Indonesia, Goodway Vacation Club (GVC) melakukan kerjasama dengan Le Grandeur Palm Resort Johor, Malaysia. MoU dilakukan Chief Operating Officer GVC, Andrew Soejanto dan General Manager of Le Grandeur Palm Resort Johor, Jef Kong di Le Grandeur Palm Resort Johor, Malaysia, Jumat (27/10). Andrew Soejanto menjelaskan, minat orang Indonesia jalan-jalan ke Malaysia, khususnya Johor cukup tinggi.

Co-Branding

Wonderful Indonesia dengan Artis Entrepeneur Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama para artis entrepeneur melakukan sinergi Co-Branding Wonderful Indonesia, yang didahului penandatanganan nota kesepahaman dengan 21 brand artis entrepeneur dan perjanjian kerjasama dengan 19 brand korporat di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Selasa (14/11).  “Branding pariwisata Indonesia tidak bisa dilakukan sendirian oleh Kemenpar. Dengan kolaborasi kita akan ‘bigger-broaderbetter together’,” ujar Arief Yahya. 


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

15


LEISURE

Artotel Sanur

Harmonisasi Arsitektur Modern dan Budaya Bali

Akhir Tahun Penuh Ceria di

Best Western Premier Solo Baru Terletak di kawasan strategis Solo Baru, Best Western Premier Solo Baru menjadi pilihan tepat untuk menghabiskan liburan akhir tahun. Tersedia paket kamar termasuk Gala Dinner untuk 1 orang mulai Rp.1.100.000/net/malam. Apabila ada penambahan Gala Dinner cukup menambah Rp.400.000,-net/orang. Konsep new year party kali ini adalah “Pirates Night Party and Find Lost of Treasure�. Khusus Gala Dinner, apabila booking sebelum 15 Desember, hanya Rp.350.000,-net/ orang. Berbagai hiburan ditampilkan mulai dari cabaret dance, LED dance, pirates dance, modern dance, band top 40, magician, stand up comedy, fashion show, carnival costume, hingga pesta kembang api.

Artotel Sanur hadir dengan gaya arsitektur modern dikombinasikan dengan pesona budaya lokal Bali melalui ornamen-ornamen berkarakter layang-layang di setiap sudut bangunan dan interior hotel. Dengan 89 kamar, Artotel Sanur menawarkan fasilitas artistik di setiap kamarnya. Hotel ini juga memiliki fasilitas restoran & bar ROCA, ruang pertemuan, kapasitas hingga 100 orang, serta kolam renang dan BART (bar at The rooftop) serta tidak ketinggalan Artspace yang berfungsi sebagai galeri seni khas Artotel.

Swiss-Belinn Luwuk

Fasilitas Lengkap Berbalut Pemandangan Memikat Hanya 10 menit dari Bandara Syukuran Aminuddin Amir, hotel ini berlokasi tepat di atas Bukit Halimun dengan pemandangan indah Kota Luwuk. Hotel ini memiliki 100 kamar dan 2 vila dengan desain kontemporer modern. Berbagai fasilitas lainya yakni BaReLo yang merupakan gabungan dari bar, restoran, dan lounge dengan desain stylish. Terdapat pula kolam renang terbuka, kolam renang pribadi untuk vila serta fitness centre dan spa, serta ruang pertemuan dengan kapasitas hingga 300 orang.

16

LIONMAG DESEMBER 2017

The Crystal Luxury Bay Resort Nusa Dua

Fasilitas Berkelas di Pulau Dewata

The Crystal Luxury Bay Resort Nusa Dua menampilkan desain kontemporer Bali dengan kamar-kamar yang luas dan nyaman. Terletak di Nusa Dua dan berjarak 2,3km dari Bali International Convention Centre, resort ini menawarkan kolam renang indoor dan outdoor. Resort ini menawarkan 214 kamar suite, dan penthouse bergaya kontemporer dengan sentuhan lokal. Dengan pemandangan tepi teluk yang menakjubkan, tamu akan disuguhi pemandangan hutan bakau alami serta pemandangan laut tenang yang indah.


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

17


Wisdom in The Air

Prioritas Teks Jemy V. Confido

Di dunia ini tidak ada orang bodoh, yang ada adalah orang yang tidak bisa menentukan prioritas Pepatah Cina kuno

ada tahun 1906 seorang ekonom berkebangsaan Italia bernama Vilfredo Pareto melakukan sebuah penelitian mengenai distribusi kekayaan di negaranya. Hasil penelitian tersebut sebenarnya tidak terlalu mengejutkan yaitu delapan puluh persen jumlah kekayaan masyarakat Italia dikuasai oleh hanya dua puluh persen penduduk yang menempati kalangan atas dalam strata ekonomi. Dan sebaliknya, sisa dua puluh persen kekayaan dibagi-bagi diantara delapan puluh persen rakyat. Pola yang ditemukan Pareto ini kemudian ternyata terjadi pula dalam banyak aspek seperti prestasi, keunggulan, ketahanan dan lain sebagainya yang terjadi tidak hanya pada manusia tetapi juga pada binatang, tumbuhan dan bahkan sel. Tentu dalam prakteknya fenomena 80-20 ini tidak selalu persis angkanya tapi bisa jadi merupakan sebuah pembulatan. Namun paling tidak, pola umum yang terjadi memperlihatkan rasio tersebut.

18

LIONMAG DESEMBER 2017

Karena begitu seringnya fenomena 80-20 ini muncul, maka dalam kasuskasus pemecahan masalah, para analis dan para pembuat keputusan biasanya menggunakan prinsip pareto ini dengan cara mengatasi dua puluh persen penyebab yang memberikan delapan puluh persen akibat. Hukum pareto ini memberikan panduan yang sangat penting untuk mengalokasikan usaha dan sumber daya. Sesungguhanya hukum pareto ini bisa bermanfaat tidak hanya dalam pemecahan masalah-masalah organisasi dan bisnis, tetapi juga dalam pemecahan masalah-masalah dan pengambilan keputusan-keputusan pridbadi karena sebenarnya hukum pareto memberikan panduan kepada kita untuk menentukan prioritas. Bicara mengenai prioritas, sebenarnya ada penjelasan lain dibalik hukum pareto ini. Kembali kepada penelitian yang dilakukan Pareto, ia melakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui mengapa delapan puluh persen kekayaan hanya dinikmati oleh dua puluh persen orang saja.

Hasil penelitian lanjutan inilah yang sangat mengejutkan. Pareto membuat kesimpulan, seandainya jumlah kekayaaan yang ada dibagi rata di antara seluruh penduduk Italia, maka hanya dalam waktu satu tahun, saya ulangi sekali lagi, hanya dalam waktu satu tahun, maka akan kembali terbentuk pola yang sama, delapan puluh persen kekayaan akan kembali dinikmati oleh hanya dua puluh persen penduduk. Bagaimana mungkin? Bisa jadi argumen yang mengemuka adalah karena sistem dan struktur perekonomian terlalu berpihak kepada orang-orang yang memiliki kekayaan sehingga mereka bisa tetap mengendalikan kekayaan walaupun seluruh kekayaan yang ada sudah dibagi rata. Namun fakta empiris yang saya temui, jangankan dalam kondisi dibagi rata, dalam kondisi kaya raya pun seseorang bisa kemudian menjadi jatuh miskin dan sebaliknya seseorang yang merangkak dari bawah bisa sampai di puncak kekayaan. Menimbang fakta tersebut maka


IBIS BANDUNG TRANS STUDIO WELL-BEING AT THE BEST PRICE

BOOK NOW FOR THE BEST PRICE AT ACCORHOTELS.COM

INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

19


prioritas dalam penelitian Pareto tidak hanya terjadi pada bagian kesimpulannya namun juga terjadi pada sebab dan konsekuensinya itu sendiri. Saya berandai-andai bila kekayaan sebuah negara dibagi rata dalam sekejap, maka orang-orang yang sebelumnya pernah berjuang untuk menjadi kaya akan memiliki prioritas yang berbeda dengan orang-orang yang tiba-tiba menjadi kaya. Orangorang yang sejatinya kaya akan melihat uang yang dipegang oleh semua orang sebagai potensi pasar yang besar dan ia memprioritaskan uang yang dipegangnya untuk membangun sebuah bisnis. Sebaliknya, orang-orang yang tiba-tiba menjadi kaya segera memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menikmati kekayaannya. Hasilnya, sama seperti penelitian Pareto, dalam waktu satu tahun, delapan puluh persen kekayaan akan kembali jatuh kepada hanya dua puluh persen penduduk. Kalau begitu caranya, apakah hal itu berarti yang kaya akan tetap kaya dan yang miskin akan tetap miskin? Tidak sepenuhnya benar. Memang akan tetap ada dua puluh persen orang yang menguasai delapan puluh persen kekayaan namun kabar baiknya, Anda bisa menentukan pilihan apakah Anda ingin berada di kelompok yang dua puluh persen ataukah berada di kelompok yang delapan puluh persen sisanya. Dengan kata lain, yang kaya bisa saja menjadi miskin dan sebaliknya yang miskin bisa menjadi kaya tergantung prioritas yang mereka buat. Seperti bisa Anda duga, konsekuensi prioritas juga bisa berpengaruh terhadap aspek-aspek lainnya dalam kehidupan seseorang, sebuah organisasi dan bisa jadi sebuah bangsa. Singkat kata, prioritas bisa menentukan kualitas hidup manusia karena prioritas yang dibuat oleh seseorang akan menentukan alokasi

20

LIONMAG DESEMBER 2017

sumber daya yang dimilikinya. Sumber daya yang saya maksud bisa berupa uang, materi, tenaga, pikiran, keahlian dan yang paling mahal adalah waktu. Waktu merupakan sumber daya yang paling mahal karena waktu adalah satu-satunya sumber daya yang tidak bisa diperbaharui dan tidak bisa pula digantikan. Bila urusan membuat prioritas hanyalah sekedar membedakan mana yang penting dan mana yang tidak penting tentu bukanlah perkara sulit. Persoalannya, dalam membuat prioritas kita seringkali dihadapkan pada pilihan antara mana yang penting dan mana yang lebih penting sehingga kita seringkali terlambat untuk menyadari mana yang seharusnya kita pilih. Dan, karena kita tidak bisa berkompromi dengan waktu, maka yang tersisa tinggalah sebuah penyesalan. Mungkin sebagian besar manusia pernah mengalami penyelasan seperti ini termasuk saya dan Anda. Agar kita tidak mengalami penyesalan serupa, ada baiknya kita menyimak ilustrasi berikut ini. Dalam sebuah seminar mengenai prioritas, seorang ahli meletakkan batu-batu besar di dalam sebuah akuarium kosong hingga ia tidak bisa menambahkan lagi batu ke dalam akuarium tersebut. Lalu ia bertanya kepada para hadirin, ”Apakah akuarium ini sudah penuh?” Para hadirin pun berteriak serempak, ”Sudah!” Sang ahli tersenyum, lalu ia pun memasukkan batu-batu kecil ke dalam akuarium tersebut dan mengguncangguncangkannya sehingga tidak ada lagi batu kecil yang bisa ditambahkan. Ia pun kembali bertanya, ”Apakah akuarium ini sudah penuh?” Para hadirin sekali lagi menjawab serempak, ”Sudah!” Sang ahli kembali tersenyum dan ia pun memasukkan pasir ke dalam

Prioritas bisa menentukan kualitas hidup manusia karena prioritas yang dibuat oleh seseorang akan menentukan alokasi sumber daya yang dimilikinya. Sumber daya yang saya maksud bisa berupa uang, materi, tenaga, pikiran, keahlian dan yang paling mahal adalah waktu.

akuarium tersebut dan mengguncangguncangkannya sampai padat. Ia pun kembali bertanya untuk ke-tiga kalinya, ”Apakah akuarium ini sudah penuh?” Para hadirin kembali serempak menjawab, ”Sudah!” Lalu sang ahli pun menuangkan air ke dalam akuarium tersebut sampai meluap. Ia pun bertanya, ”Apa yang bisa kita pelajari dari percobaan yang baru saja saya peragakan ini?” Seorang peserta menjawab, ”Manfaatkan kesempatan yang ada sekecil apa pun kesempatan itu.” Sang ahli pun menjawab, ”Benar, dan dahulukan hal-hal yang utama dalam memanfaatkan kesempatan tersebut.” Dalam hidup ini ada batu-batu besar yang sebaiknya lebih dahulu mendapat tempat, lalu diikuti batubatu kecil, pasir dan air. Kejelian Anda dalam membedakan keempatnya akan menuntun Anda mencapai kualitas hidup yang lebih baik. www.jemyconfido.com


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

21


Special 5 Pantai Eksotis

Berlibur di 5 Pantai Istimewa Teks & Foto Dody Wiraseto

Pantai Wedi Ombo, Yogyakarta. LIONMAG DESEMBER 2017 22


S

alah satu daya tarik pariwisata Indonesia adalah bentang pantainya yang menawan. Berkah negara kepulauan yang menyimpan beragam kekayaan alam, baik lanskap pantai maupun dunia bawah lautnya. Memasuki akhir tahun, menjelajah pantai-pantai istimewa di Indonesia bisa menjadi pilihan utama berwisata untuk membuat liburan bersama keluarga maupun kerabat lebih menyenangkan. Berikut lima pantai istimewa di Indonesia yang bisa menjadi rekomendasi untuk destinasi liburan:

Pantai Wedi Ombo, Yogyakarta Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi salah satu tujuan liburan favorit wisatawan lokal maupun mancanegara. Budaya dan nilainilai sejarah menjadikan provinsi ini begitu istimewa. Setelah budaya dan panorama dataran tingginya mencuri perhatian dunia, pantaipantai Yogyakarta pun kini tidak luput menjadi destinasi wisata utama. Kawasan Gunung Kidul bisa menjadi tujuan berlibur. Salah satu pantai yang istimewa di kawasan ini adalah Pantai Wedi Ombo. Pantai ini berada paling ujung pada jejeran pantai di Gunung Kidul. Konturnya istimewa. Tepian pantai didominasi gugusan batu karang hingga menjorok ke tengah laut. Bentuknya mulai dari karangkarang yang rata hingga tinggi menjulang. Bahkan, terdapat beberapa batu karang yang membentuk kontruksi bukit kecil. Karang-karang ini kerap dijadikan lokasi favorit untuk swafoto maupun foto berkelompok. INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

23


Di kawasan tersebut juga terdapat batu karang berukuran besar dan memanjang. Warga sekitar menyebutnya ‘’Geger Boyo’’ karena bentuk karang tersebut mirip punggung buaya. Karang memanjang ini juga menjadi pelindung tepian pantai dari debur ombak deras Samudra Hindia.

Pantai Klayar Pacitan, Jawa Timur Pantai Klayar, salah satu destinasi wisata pantai unggulan di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, menawarkan pesona alam fantastis. Hamparan pasir putih membentang luas berpadu dengan formasi bebatuan karang berupa pilar-pilar. Seruling Laut merupakan penamaan untuk sebuah

24

LIONMAG DESEMBER 2017

lokasi karang yang mengeluarkan suara bak seruling ditiup. Suara ini muncul saat dorongan ombak masuk tepi pantai. Bersamaan dengan itu terciptalah atraksi ‘’air mancur alami’’ yang disajikan oleh lubang pada dasar bebatuan karang. Air yang datang bersama ombak akan ditekan keluar melalui lubang alami dan menghasilkan semprotan vertikal yang cukup kuat. Patut dicatat oleh pengunjung, Pantai Klayar memiliki karakter ombak yang kencang khas pantai selatan Jawa. Jadi perlu waspada karena ombak kencang bisa datang seketika. Meski berkarakter ombak cukup liar, Pantai Klayar bisa menjadi destinasi berlibur istimewa sembari menikmati senja.

Pantai Kelingking Nusa Penida, Bali Bali merupakan ‘’surga’’ bagi pencinta pantai menawan. Satu yang kini sedang favorit adalah Pantai Kelingking. Pantai ini tidak hanya favorit wisatawan lokal, tetapi juga primadona bagi wisatawan mancanegara. Keberadaan Pantai Kelingking juga andil mengangkat nama Nusa Penida sebagai salah satu destinasi utama di Bali. Saat ini sudah mulai terlihat pembangunan untuk mencukupi akomodasi wisatawan selama di Nusa Penida. Keunikan Pantai Kelingking adalah letaknya di balik tebing curam. Jika dilihat dari atas tebing, Pantai Kelingking memiliki bentuk


(kiri ke kanan) Sunset di Pantai Klayar, Pacitan - Foto: Paul I. Zacharia. • Lansekap Pantai Klayar - Foto: Paul I. Zacharia. • Pantai Klingking, Nusa Penida.

tebing yang unik, seperti kepala Tyranosaurus dilihat dari atas Bukit Karang Dawa. Lanskap kian sempurna dengan tebing kapur curam yang dihantam gelombang besar dan kilauan air laut biru tosca. Kini wisatawan juga sudah bisa turun untuk menyusuri pantai berpasir putih dan air lautnya yang jernih. Keindahan ikonik Pantai

Kelingking menempatkannya sebagai destinasi wajib bila Anda mengunjungi Bali.

Pantai Seger Lombok, Nusa Tenggara Barat Lombok merupakan salah satu pulau yang mencuri perhatian wisatawan dunia. Beberapa kali Lombok memenangkan

penghargaan sebagai destinasi wisata halal favorit. Salah satu destinasi wisata utamanya adalah Pantai Seger. Pantai tersebut merupakan bagian dari Kawasan Wisata Mandalika di belahan selatan Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kawasan ini sebenarnya juga berada pada satu garis dengan Pantai Kuta Lombok. Pantai Seger memiliki bentang INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

25


(atas) Pantai Seger Mandalika, Lombok. (bawah) Pulau Kelor, Labuan Bajo.

alam beragam. Tidak hanya pantai berpasir putih dan air laut lembayung biru hijau tosca, tetapi juga bukit-bukit dengan karakter berbeda. Perbedaan karakter ini yang membuat Pantai Seger tidak hanya asyik sebagai tempat bermain air di tepiannya, tetapi juga memberikan tantangan bagi para penggemar trekking. Bagian utara Pantai Seger memiliki karakter lebih landai. Saat pasang, air laut di pantai mengalir hingga menembus delta sehingga membuat Patung Dewi Mandalika, ikon pantai ini, seperti berdiri di tengah laut. Karakter pasir Pantai Seger didominasi koral-koral yang sudah mati. Airnya yang jernih dan ombak tenang menjadikan pantai ini sebagai tempat berenang yang tepat untuk keluarga. Tidak jauh dari pantai, sebuah pohon kokoh berdiri memberikan nuansa teduh.

26

LIONMAG DESEMBER 2017

Pulau Kelor, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur Kota pelabuhan nan indah sekaligus pintu masuk taman nasional yang sudah mendunia. Labuan Bajo merupakan destinasi wisata romantis dengan lanskap alam memukau. Tempat tersebut menjadi salah satu titik awal bagi wisatawan yang ingin mengelilingi gugusan pulau di Taman Nasional Komodo. Di atas kapal pinisi yang mengarungi pulaupulau di tengah lautan bebas, liburan

Anda bersama keluarga ataupun kerabat akan terasa sempurna. Salah satu destinasi alam yang siap memanjakan mata adalah Pulau Kelor. Pulau kecil yang menyimpan beragam keindahan dengan garis pantai panjang dan bukit menawan. Air pantai yang jernih berwarna biru tosca kian berkilau saat terpapar sinar matahari. Jika ingin sekadar bersantai sembari menikmati lanskap pulaunya, Anda bisa trekking hingga puncak bukit. Sebuah bentang alam memikat dari kekayaan alam Indonesia.


Khatib Sulaiman Padang

Khatib Sulaiman Padang

NOW OPEN Start From

IDR 369,000 nett 136 Rooms · Meeting Rooms · Restaurant · Sky Lounge

0751.8970.555

www.whizprime.com

Jl. Khatib Sulaiman no. 48 A, Padang, Sumatera Barat | E reservation.ks-padang@whizprime.com INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

Whiz Prime Khatib Sulaiman Padang

@whizprimepdg

27

whizprimepadang


Travel Sketch Bogor

Taman Ujung.

Goresan Kenangan di Kota Hujan 28

LIONMAG DESEMBER 2017


Jejak Van Imhoff

Istana Bogor

Sejak zaman kolonial hingga kini, Bogor selalu menjadi tujuan untuk beristirahat atau berlibur. Alamnya yang tenang membuat destinasi ini selalu ramai disambangi. Teks Faisyal ILUSTRASI Archie Mandagie

Istana Bogor merupakan salah satu dari enam Istana Presiden Republik Indonesia yang mempunyai keunikan tersendiri berkat aspek historis, kebudayaan, dan faunanya. Salah satunya, keberadaan rusa-rusa yang didatangkan langsung dari Nepal dan tetap terjaga dari dulu hingga sekarang. Pada masa kolonial, Istana Bogor dinamai Buitenzorg, berarti ‘’tanpa kekhawatiran’’. Dulu Gubernur Jenderal Gustaaf Willem Baron Van Imhoff terkesima oleh kedamaian sebuah kampung kecil di Bogor. Sebuah wilayah bekas Kerajaan Padjadjaran yang terletak di hulu Batavia. Van Imhoff lantas berencana membangun wilayah tersebut sebagai daerah pertanian dan tempat peristirahatan. Pada Agustus 1744, dibangunlah Istana Bogor dengan mencontoh Blenheim Palace, kediaman Duke of Malborough di dekat Kota Oxford, Inggris. Istana Bogor pernah rusak berat saat pemberontakan Perang Banten di bawah pimpinan Kiai Tapa dan Ratu Bagus Buang pada 1750-1754. Setelah itu, pada 10 Oktober 1834 gempa bumi mengguncang istana tersebut sehingga rusak berat. Terdapat sejumlah gedung di Kompleks Istana Bogor. Pertama, gedung induk yang terdiri atas delapan ruang. Yang terbesar adalah Ruang Garuda untuk sidang-sidang kabinet. Sebanyak 16 pilar besar bergaya Korintia menopang langitlangit ruangan berbentuk kubah oval yang dihiasi relief-relief unik gaya Yunani. INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

29


Selanjutnya adalah Ruang Teratai yang berfungsi sebagai ruang penerimaan tamu. Pada salah satu dinding atau temboknya tergantung sebuah lukisan bunga teratai sedang mekar berjudul Teratai karya pelukis C.L. Dake Jr. (1952). Antara ruang Teratai dan Garuda terdapat ruang penghubung dengan kedua dinding dipasang cermin berbingkai emas peninggalan Belanda. Bayangan cermin-cermin tersebut saling memantul, sehingga tampak banyak sekali bayangan. Maka ruang ini dinamai Ruang Seribu Cermin.

Pagi di Gunung Batu

Gunung Batu di Sukamakmur, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor terbentuk dari susunan batu cadas dengan ketinggian hanya 875 meter di atas permukaan laut (mdpl). Meski demikian, jangan sekali-sekali meremehkan Gunung Batu hanya karena ketinggiannya. Tanjakan gunung ini cukup ekstrem. Salah melangkah atau terpeleset bisa berakibat fatal. Mendaki Gunung Batu sebaiknya dilakukan saat musim kemarau. Kondisi trek tanah menanjak, hampir pada kemiringan 75 derajat, lebih bersahabat dalam kondisi kering. Bila musim hujan, selain becek juga akan

Ondel-ondel.

Gunung Batu

menambah berat pendakian. Jalan menuju puncak sangat terjal. Terlebih selepas batas vegetasi ketika jalur tanah beralih ke bebatuan. Jalur bebatuan kecil ini meningkatkan risiko tergelincir, sehingga dibutuhkan kewaspadaan tingkat tinggi. Apalagi pada kanan-kiri jalur langsung berbatasan dengan jurang. Semakin menguras tenaga dan keberanian ketika harus merangkak naik dengan bantuan seutas tali. Di sini dibutuhkan kerjasama yang baik antar pendaki karena jalur yang dilewati hanya cukup untuk satu orang. Oleh karena itu, setiap pendaki harus bergantian naik maupun turun. Tidak ada tanah lapang di puncak sehingga pendaki harus ekstra hati-hati.

Buddha Tidur di Kota Hujan

Ingin melihat Patung Buddha Tidur. Tak usah jauh-jauh berkunjung ke Negeri Gajah Putih. Cukup pergi ke Vihara Buddha Dharma & 8 Pho Sat di Kampung Jati RT 002/06 Desa Tonjong, Kecamatan Tajur Halang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Di sini Anda akan menemukan Patung Buddha Tidur sepanjang 18 meter dan tinggi 5 meter. Patung Buddha Tidur (Sleeping Buddha) itu yang terbesar di Indonesia dan satu-satunya di Provinsi Jawa Barat. Patung Buddha Tidur juga didapati di Mojokerto, Jawa Timur, serta lainnya berada di luar negeri, seperti di China, Thailand, dan Malaysia.

Patung Buddha Tidur

30

LIONMAG DESEMBER 2017


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

31


Curug Ciherang

Perbedaan Patung Buddha Tidur di Bogor dengan patung-patung di luar negeri tersebut adalah bahan dasar pembuatannya. Jika di luar negeri menggunakan batuan alami yang dipahat langsung, Patung Buddha Tidur di Vihara Buddha Dharma & 8 Pho Sat dibuat dari batu kali, lalu dicor dan dipahat, baru kemudian dicat. Pada dada Patung Buddha Tidur terdapat lambang swastika. Dalam agama Buddha, lambang ini cermin kesejahteraan dan umur panjang. Andy Suwanto Dhanujaya, ketua pembina Yayasan Buddha Dharma & 8 Pho Sat, menuturkan muasal pendirian Patung Buddha Tidur. Menurut lelaki yang akrab disapa Ade ini, ketika bermeditasi ia mendapatkan wangsit agar membangun Patung Buddha Tidur. Pada 2010, Ade mulai membuat patung tersebut di Vihara Buddha Dharma & 8 Pho Sat dan selesai pada 2012.

32

LIONMAG DESEMBER 2017

Sebelumnya di vihara tersebut belum ada Patung Buddha Tidur. Vihara Buddha Dharma & 8 Pho Sat dibangun pada 2006. Dinamai 8 Pho Sat karena di dalam vihara terdapat 8 Pho Sat, tempat tertinggi bagi yang telah mencapai penerangan sempurna. Salah satu tokoh Pho Sat adalah Giok Hong Siang Tee (Dewa Pertama Alam Langit), dewa tertinggi yang memerintah alam semesta. Dalam memerintah alam, Dewa Pertama Alam Langit dibantu dewa-dewa lain, seperti Dewa Matahari, Dewi Rembulan, Dewa Binatang, Dewa Halilintar, Dewa Angin, dan Dewa Awan.Â

Gemuruh Air Curug Ciherang

Kehadiran Curug Ciherang di Sirnajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, memberikan cerita sendiri. Curug Ciherang cukup dekat Gunung Batu. Sepanjang perjalanan

menuju curug didominasi hamparan sawah berlatar Gunung Batu meruncing. Akses menuju Curug Ciherang lumayan baik. Hanya beberapa bagian jalan yang berlubang. Gemuruh air jatuh mengempas permukaan yang didominasi bebatuan. Puluhan turis berenang riang dalam air jernih menyejukkan. Hawa panas selama perjalanan menuju air terjun ini pun luruh. Puas bermain di curug, sebaiknya jangan langsung pulang. Terdapat jembatan gantung dan rumah pohon yang fotogenik. Rumah pohonnya dibangun di sebuah pohon besar yang rindang dan semakin menampilkan kesan eksotis kala kabut tipis tiba. Jembatan tersebut menjadi spot favorit untuk berfoto. Kalau sedang ramai pengunjung, saat akhir pekan misalnya, tidak jarang harus antre dulu sebelum bisa berfoto di sana.


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

33


Traveling Yogyakarta

Tantangan Petualang di Desa Wisata Nglinggo Teks & Foto Dody Wiraseto

Mobil berpenggerak empat roda yang menjadi spot swafoto favorit di Bukit Ngisis. LIONMAG DESEMBER 2017 34


P

embangunan bandara di Kulon Progo belum rampung. Namun, geliat pariwisata di sana sudah mulai terasa. Sebagai salah satu daerah perbukitan di Daerah Istimewa Yogyakarta, tempat ini menyajikan ragam wisata yang menantang. Menyusuri lekuk Perbukitan Menoreh dengan panorama alam khas

ketinggian, Kulon Progo merupakan magnet baru bagi pariwisata Yogya. Magnet yang menarik saya untuk menyambangi salah satu desa wisatanya yang mulai dikenal luas, Desa Wisata Nglinggo. Sekilas informasi yang saya dapatkan, desa tersebut akan memanjakan para petualang. Bersantai di bukit yang didominasi perkebunan teh dan kopi. Menembus hutan pinus,

INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

35


membelah Perbukitan Menoreh dengan kendaraan berpenggerak empat roda, hingga menembus kawasan Candi Borobudur menjadi salah satu tantangan yang ditawarkan. Belum sempat sampai di tujuan, bayangan saya sudah mengelana jauh ke petualangan baru ini. Sekitar dua jam perjalanan dari Bandara Adisutjipto, Yogyakarta, akhirnya saya tiba di desa wisata yang berada di Desa Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo, ini. Desa

36

LIONMAG DESEMBER 2017

Wisata Nglinggo sudah lengkap dengan beberapa homestay nyaman. Atraksi utama yang disajikan adalah menjelajah jalur offroad. ‘’Awalnya tahun 2014, jalur offroad-nya memang tidak untuk wisata, hanya untuk senang-senang saja. Kebetulan banyak tamu yang menginap ingin mencoba dan akhirnya mereka menyebarkan via media sosial. Sampai akhirnya resmi diperuntukkan untuk wisata sejak 2015,� ujar Melkey Binaro, pemilik Rimbono Homestay.

Selain offroad, terdapat beberapa lokasi istimewa bagi yang ingin berwisata santai. Bukit Ngisis salah satunya. Menyusuri perkebunan teh hingga berakhir di panggung untuk berswafoto dengan latar perbukitan. Semakin memperkuat kesan petualang, di bukit ini juga terdapat sebuah mobil berpenggerak empat roda yang dipasang permanen untuk swafoto wisatawan. Lebih menarik lagi saat cuaca cerah. Dari bukit ini bisa pula disaksikan Candi Borobudur,


(searah jarum jam) Bentang kebun teh di Desa Wisata Nglinggo. • Perbukitan di Desa Wisata Ngilnggo. •Jalur off-road hutan pinus Nglinggo.

sebagaimana yang didapatkan wisatawan di Punthuk Setumbu, Magelang.

Menyusur Hutan Pinus Setelah beristirahat sejenak sembari menikmati secangkir teh hangat dan camilan, saya langsung diajak berpacu adrenalin di hutan pinus Desa Nglinggo. Mobil berpenggerak empat roda sudah dipanaskan dan raungan suara knalpot sudah siap menembus lebatnya hutan

pinus. Ini pengalaman pertama saya menikmati wisata offroad, apalagi momennya sangat tepat, setelah hujan. Jalur licin akan menambah seru petualangan. “Jaga kepala dan badan, jangan sampai melewati bodi mobil,� ujar pengendara mobil. Benar saja, jalur pintu masuk hutan pinus benar-benar hanya seukuran bodi mobil. Kadang ranting pun sampai masuk mobil yang saya naiki. Sekitar lima menit berada di

jalur landai, tantangan sebenarnya baru tersaji. Sebuah tanjakan curam langsung disusul turunan tajam dan berkelok. Jalur yang licin membuat guncangan semakin terasa. Tidak cukup di situ, jalur miring membuat saya kian berpegang erat pada roll bar mobil. Seturut kemudian jalur tanjakan dengan kemiringan 45 derajat kian memacu adrenalin. Setelah itu mobil semakin dikebut kencang melibas tanah liat, juga lumpur dan kubangan sisa hujan. INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

37


Special Taman Hiburan

Rangkaian pertunjukkan Tari Lengger Tapeng yang dihelat di Desa Wisata Nglinggo saat malam hari.

Jalur berbatu basah menjadi trek penutup susur hutan pinus ini. Sebuah petualangan yang membawa saya seakan sedang berada di sebuah wahana wisata modern.

Magis Tari Lengger Tapeng Setelah melewati hutan pinus, pilihan selanjutnya adalah menyusuri kebun teh dan bersantai di Bukit Ngisis sembari menikmati senja. Perlahan kabut tipis mulai turun. Dari kejauhan siluet Candi Borobudur terlihat jelas dari bidikan kamera. Secangkir kopi hangat menemani melewati senja sebelum melanjutkan perjalanan ke homestay dan menikmati atraksi budaya lokal, Tari Lengger Tapeng.

38

LIONMAG DESEMBER 2017

Tari Lengger Tapeng ini diadakan di sebuah area yang biasa dijadikan parkiran mobil berpenggerak empat roda. Dengan penerangan terbatas, alunan musik mengiringi penari masuk areal tari. “Lengger, artinya tari dan tapeng itu tayub, topeng, makai topeng, karena para penarinya memakai topeng ketika menari,� ujar Teguh Kumoro, Kepala Desa Nglinggo. Tari Lengger Tapeng merupakan seni pertunjukan khas Desa Nglinggo. Tarian ini menggunakan topeng dan melibatkan beberapa penari dengan berbagai macam karakter seperti bidadari, Hanuman, raksasa, hingga beberapa makhluk lainnya.

Tarian ini termasuk langka dan jarang ditemui karena merupakan tarian asli Nglinggo. Lengger Tapeng juga menjadi salah satu bentuk ungkapan syukur dan pemenuhan nazar bagi masyarakat di Desa Nglinggo. Malam semakin larut, alunan musik serasa kian menyebarkan daya magis. Gerak tari kian gemulai dengan aneka topeng yang digunakan. Sembari menyesap kopi dan jagung bakar, Desa Wisata Nglinggo ini langsung meninggalkan kesan penuh warna. Sebuah perjalanan menembus batas alam berakhir dengan lantunan musik dan tarian rasa syukur untuk alam.


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

39


Traveling Jodipan

40

LIONMAG DESEMBER 2017


Transparansi di Jembatan Pelangi Sebelumnya dikenal sebagai Kampung Warna-Warni --Kampung Tridi, kini Kampung Jodipan terus berkembang menjadi, bahkan telah menjadi, Kampung Pelangi. Tampilan segenap kampung ini berkesan ‘’norak’’. Dalam arti, ‘’berani berpenampilan’’ yang menjadikannya kesan utama nan dominan. TekS & Foto Paul I. Zacharia INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

41


Adalah Abah Anton (sapaan akrab Mochamad Anton – Wali Kota Malang, Jawa Timur) yang dianggap memberikan kesan “suka berekspresi berani’’. Di-support sebuah pabrik cat, tampilan seluruh Kampung Jodipan pun berangsur kaya warna tajam! Kesan tajam atau “norak’’ dari warna-warni yang dicurahkan pada rumah-rumah kumuh telah menyulap kekumuhan terpoles menjadi lebih “kinclong’’..

K

ampung Jodipan sempat lekat dengan sebutan Kampung Warna-Warni, lalu berkembang ke ‘’tetangga kampung’’ menjadi Kampung Tridi dengan kesan tiga dimensional. Melalui program tanggung jawab sosial (CSR)-nya, sebuah perusahaan cat yang mensponsori penciptaan kampung-kampung tersebut, menambah lagi gairah berekspresi seluruh kawasan Jodipan. Kampung yang jauh sebelumnya dicap kuno, bahkan kumuh. Sebelumnya rumah-rumah di kawasan tersebut dianggap kurang terawat atau terbilas. Namun, kini tidak ditemukan lagi kawasan yang penuh dengan sampah rumah tangga. Bahkan, ada indikasi betapa mental

42

LIONMAG DESEMBER 2017

warga di kawasan tersebut telah semakin siap ‘’menghadapi dunia luar’’. Semakin banyak pengunjung maupun tamu ikut nimbrung menikmati suasana ceria karena kaya warna. Dengan penambahan instalasi atau konstruksi Jembatan Kaca, Malang semakin siap menyajikan diri sebagai kota perdana yang memiliki jembatan dengan landasan transparan. Terinspirasi banyak lokasi pada banyak kota di dunia, terutama kota di China, Malang layak dianggap meng-copy ide pamungkas: menikmati ketinggian suatu elevasi sambil berekspresi! Cukup menarik juga. Betapa beberapa pengunjung jembatan kaca itu masih terpengaruh kesan ‘’kehampaan ruangan’’ yang dipijak kaki mereka. Tampak jelas beberapa tamu memilih menginjak sisi tepi jembatan sepanjang 20 meter itu. Secara umum, tampak ada


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

43


kesan miris untuk berjalan melintasi jembatan ‘’tembus pandang’’ tersebut. Bersyukur tidak sampai ada pengunjung yang berteriak-teriak seperti di tempat lain. Bahwa tidak ada pengunjung di jembatan Jodipan itu yang ngalem (manja) atau kolokan dengan menganggap diri takut ketinggian. Rampung melintasi panjang jembatan kaca itu, pengunjung langsung digiring untuk menjalani rute yang sangat berbeda dari rute kedatangan mereka. Cukup

44

LIONMAG DESEMBER 2017

intuitif. Betapa pengunjung mampu menikmati seluruh ‘’kawasan yang baru tercetak’’ itu sekarang. Seluruh kesan perumahan lama telah berganti dengan kesan baru dan retro (kuno tapi kekinian). Kampung Jodipan telah menjadi jujugan terbaru bagi semua pengunjung Kota Malang. Ekspose media berdampak konkret pada perubahan berekspresi melalui warna serta bentuk-bentuk visual dalam grafis yang menambah gairah seluruh kehidupan di sini.

Munculnya penawaran serta kesempatan rehat sejenak sambil minum soft drink telah memberikan kesegaran tersendiri, meluruhkan semua kepenatan yang sebelumnya dirasakan para pengunjung kota ini. Bonus keramahan, di antaranya memberikan kesempatan pengunjung ‘’mencicipi’’ kehangatan warga setempat dengan dialek gaul Malangan, maka memori di Malang akan terpateri hingga kapan pun.


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

45


Destination Jakarta

Gereja Tua di Ibu Kota Kehadiran gereja-gereja tua di bumi Indonesia menunjukkan negeri ini dibangun atas dasar kebersamaan. Bukan oleh satu golongan. Pluralisme menjadi nilai yang harus terus dilestarikan. TekS Faisyal Foto Riman Saputra N.

46

LIONMAG DESEMBER 2017


Sentuhan Neo-Gotik Eropa Nama resmi Gereja Katedral Jakarta adalah Santa Maria Pelindung Diangkat ke Surga (De Kerk van Onze Lieve Vrouwe ten Hemelopneming). Arsitektur gereja tertua di Batavia ini mengusung konsep neo-gotik Eropa, yakni arsitektur beberapa abad silam yang sangat lazim digunakan untuk membangun gedung gereja. Bangunan Gereja Katedral dilengkapi daun pintu menjulang tinggi dan banyak jendela. Jendelajendela dihiasi lukisan yang mengisahkan peristiwa jalan salib yang pernah dialami Yesus Kristus. Di bawah lukisan, pada bagian kanan dan kiri gereja terdapat bilik-bilik untuk pengakuan dosa. Sementara pada bagian depan berdiri altar suci pemberian Komisaris Jenderal Du Bus de Gisignies. Meski usianya telah uzur, meja altar masih digunakan sebagai altar utama dalam berbagai misa. Bentuk dasar Gereja Katedral terdiri atas salib sepanjang 60 meter dan lebar bagian utama 10 meter, ditambah 5 meter pada setiap sisi. Pada pintu masuk utama terdapat patung Santa Maria dengan tulisan dalam bahasa Latin ‘’Beatam Me Dicentes Omnes Generations (Segala Keturunan Menyebut Aku Bahagia)’’. Gereja Katedral memiliki tiga menara. Pertama, Menara Anggelus Dei yang terletak pada atap bagian tengah dengan ketinggian 45 meter dari dasar bangunan gereja. Kedua, Menara Benteng Daud yang terletak di sisi kanan-kiri pintu masuk utama dengan ketinggian 60 meter. Ketiga, Menara Gading yang berada di sisi kanan pintu masuk utama setinggi 60 meter.

Di antara menara Benteng Daud dan Benteng Gading terdapat jendela kaca bundar yang dikenal dengan sebutan ‘’Rozeta’’. Pada tembok sebelah selatan terdapat pualam putih yang menjelaskan gedung ini digambar oleh Antonius Dijkmans. Pada sisi kiri terdapat Monumen ‘’Du Bus’’ yang dibuat di Belgia sebagai persembahan umat Katolik.

Sisa-sisa Jejak Portugis Gereja Tugu, salah satu gereja tertua di Indonesia, berada di Kampung Tugu, tepatnya di Jalan Cakung, Cilincing, Jakarta Utara. Selain tempat ibadah, gereja ini juga pernah digunakan sebagai sekolah rakyat. Tidak diketahui pasti kapan gereja itu didirikan, tetapi para ahli sejarah sepakat gereja bangsa Portugis itu dibangun pada 1676-1678 oleh Pendeta Melchior Leydecker. Nama Gereja Tugu merujuk pada lokasi keberadaannya. Sementara

Kampung Tugu diyakini sebagai kampung tertua di Jakarta. Disebut Kampung Tugu karena pada masa silam di tempat ini ditemukan prasasti berbentuk seperti tugu peninggalan Raja Purnawarman dari Kerajaan Tarumanegara. Versi lain menyatakan ‘’tugu’’ berasal dari penggalan kata Portugis (Por-tugu-ese) – sebutan untuk orang Portugis yang menempati Kampung Tugu. Orang-orang Portugis di Kampung Tugu disebut mardijkers, yaitu tawanan dan budak Portugis yang diboyong Belanda ke Batavia. Rata-rata mereka beragama Katolik dan bercakap dalam bahasa Portugis. Sebagian besar penduduk Kampung Tugu merupakan keturunan Portugis. Faktor sejarah membuat kampung ini selalu menjadi incaran kunjungan turis asing. Berbagai warisan, peninggalan bersejarah, serta karya seni dan jejaknya masih tersimpan dan dilestarikan dengan baik. INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

47


Gereja Kaum Hoakiau Gereja Santa Maria de Fatima adalah Gereja Katolik bergaya arsitektur Tionghoa. Terletak di Jalan Kemenangan III (Toosebiostraat) No 47, Kelurahan Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat, gereja itu didirikan ketika ada tugas pelayanan dan pewartaan dari Vikaris Apostolik JakartaAdrianus Djajasepoetra, SJ, kepada Pater Wilhelmus Krause Van Eeden, SJ. Tujuan awal pendirian gereja adalah sebagai tempat ibadah, sekolah, dan asrama bagi orang-orang Hoakiau (China Perantau) di sekitar Glodok. Langkah awal, Pater Antonius Loew, SJ, dari Austria dipilih sebagai Kepala Paroki, sementara Pater Leitenbauer sebagai pengelola sekolah yang pertama. Pada 1953, sebidang tanah seluas 1 hektare dibeli untuk kompleks gereja dan sekolah dari seorang kapitan (sebutan untuk lurah keturunan Tionghoa di zaman Belanda) bermarga Tjioe. Di atas

48

LIONMAG DESEMBER 2017

tanah itu selanjutnya berdiri sebuah bangunan utama serta dua bangunan yang mengapit bangunan utama. Bangunan utama diapit dua buah patung singa yang melambangkan kemegahan. Nuansa arsitektur China sangat kental di tempat ibadah warga China Perantau ini. Seiring perjalanan waktu, sekitar 1970 dilakukan renovasi besarbesaran. Lantai dan langit-langit diganti. Begitu pula penataan tempat untuk patung Maria De Fatima yang berasal dari Ortisei, Italia Utara, serta Hati Kudus Yesus. Lalu dipasang pula ukiran kayu Yesus disalib bersama dua penjahat yang dikirim dari Italia pada zaman Pater Liliano. Selain Gereja Santa Maria de Fatima, Gereja Tugu, dan Gereja Katedral, di antara gereja tua lainnya di Jakarta adalah Gereja Immanuel. Gereja ini dibangun atas dasar kesepakatan antara umat Reformis dan Lutheran di Batavia. Pembangunannya dimulai pada 1834 mengikuti hasil rancangan JH Horst.

Pada 24 Agustus 1835 dilakukan peletakan batu pertama. Empat tahun kemudian, tepatnya pada 24 Agustus 1839, pembangunan pun selesai. Bersamaan dengan itu, gedung tersebut diresmikan menjadi gereja untuk menghormati Willem I, Raja Belanda (1813—1840). Pada gedung gereja dicantumkan nama Willemskerk. Terdapat pula Gereja Sion, yang juga dikenal dengan nama Portugeesche Buitenkerk (Gereja Portugis), di sudut Jalan Pangeran Jayakarta, Jakarta. Bangunan gereja ini memiliki kemegahan arsitektur dan daya tahan kokoh. Meski berada di wilayah Kota Tua, dulu gereja tersebut masih berada di luar tembok pusat kota yang berpusat di Batavia. Tidak heran jika saat itu gereja tersebut dinamai Portugeesche Buitenkerk, yang bermakna ‘’gereja orang Portugis yang berada di luar tembok kota’’. Saat Belanda berkuasa, tembok besar dibangun sebagai pembatas antar kota.


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

49


50

LIONMAG DESEMBER 2017


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

51


Automotive

Db11 Volante

Evolusi Terbaru Convertible Sports Gt 52

LIONMAG DESEMBER 2017


DB11 Volante merupakan evolusi terbaru convertible ikonik Aston Martin, Sport GT. Mesin V8 twin-turbo 4.0 liter terbaru mengombinasikan performa, efisiensi, dan karakter sport. Teks Riman Saputra N Foto Dok. Aston Martin

A

ston Martin convertible paling elegan memulai babak baru dengan perilisan DB11 Volante yang telah lama ditunggu. Dengan menggabungkan DB11 Coupe yang dirilis tahun lalu, DB11 Volante menempatkan standar baru atas performa, inovasi, rekayasa, dan style dalam penciptaan Sports GT atap terbuka yang luar biasa.

Performa DB11 Volante ditenagai mesin V8 twin-turbo 4.0 liter 510 tenaga kuda. Mobil convertible ini dibangun dengan struktur aluminium yang kali pertama didapati pada DB11 Coupe. Lebih ringan dan lebih kaku dibandingkan model sebelumnya, DB11 Volante direkayasa untuk memberikan kemampuan yang lebih hebat. INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

53


Selain itu, tingkat performa dan handling lebih baik dibikin dengan lebih banyak menonjolkan sisi karakter sport. Peningkatan kualitas, kenyamanan, serta ruang interior memantapkan posisi sebagai grand tourer. Kemampuan beragam tetapi tetap terfokus pada Volante ini bisa dihadirkan berkat mode powertrain dan sasis 3 tahap. Powertrain dan sasis bekerja dalam kesempurnaan harmoni bersama trasnsmisi otomatis 8 kecepatan, power steering elektrik, serta slip limited khas bervektor torsi dinamis. Dengan demikian, pengemudi mampu mengonfigurasi respons mobil serta menyesuaikannya dalam cara paling tepat sesuai

54

LIONMAG DESEMBER 2017

dengan kondisi jalan, cuaca, maupun mood pengemudi sendiri. Kenyamanan lainnya bisa didapati pada roda kemudi. Pemanasan akan mendorong motor membuka atap sepanjang hari. Selain itu, tambahan tempat duduk belakang ISOFIX memberikan fleksibilitas yang lebih dan baru kali ini didapati hanya pada model Volante.

Eksterior Visualisasi DB11 Volante, tampilan satu lempeng kap mesin aluminium aerodinamis yang mencolok berupa curlicue (ornamen/hiasan bergelombang menyerupai tanda tangan)�. Inovasi pada DB11 Coupe ini dikombinasikan dengan panel veneer (lapisan halus) dari kayu maupun serat

karbon pada sandaran tempat duduk yang dijahit pada penutup kain secara rapi dan indah. Tersedia beberapa pilihan warna penutup kain, mulai dari merah bordeaux, hitam-perak, atau abu -perak. Lampu belakang supertipis nan dramatis berdesain light blade (mirip pisau tipis) membentuk grafis ‘C’ plus desain baru pada roda. Hasil akhirnya, bentuk sangat ramping dan atletis yang mengekspresikan karakter DB11 Volante secara sempurna.

Atap Terbuka Yang paling berbeda dari DB11 Volante, tentu saja, atap convertiblenya. Menggabungkan daya tarik penutup (hood) kain dengan material akustik dan isolasi terbaru, delapan


lapisan atap baru melindungi penghuni mobil dari suhu ekstrem dan kebisingan angin. Hanya butuh 14 detik untuk menurunkan penutup DB11 Volante serta 16 detik untuk menutupnya. Penutup juga bisa dikendalikan jarak jauh dari kunci serta bisa dioperasikan saat melaju dengan kecepatan hingga 31 mil per jam (mph). Prosedur pengujian menyeluruh Aston Martin mendorong mekanisme atap baru tersebut mampu bertahan dalam berbagai kondisi ekstrem. Dalam tes Daya Tahan Siklus Hidup (Life Cycle Durability/LCD), para engineer menguji atap itu hingga lebih dari 100 ribu siklus di ruang yang dirancang dengan cuaca khusus sebagai simulasi kondisi dalam

lingkungan terberat di dunia. Para engineer juga mengompres 10 tahun penggunaan ke dalam pengujian selama satu bulan. Hasil uji LCD kemudian divalidasi dengan pengujian prototipe pengembangan DB11 Volante di lingkungan sebenarnya, termasuk lokasi Death Valley dan Arctic Circle. Direkayasa sebagai Aston Martin beratap terbuka tercanggih serta terlengkap dari yang pernah dibangun, DB11 Volante sengaja diarahkan untuk menempatkan para pesaing dalam bayang-bayangnya serta mengasah demi keseimbangan berkendara melalui handling, tingkat respons, serta pengembangan yang baik. DB11 Volante memang didedikasikan untuk menghadirkan

dimensi baru dalam kenikmatan berkendara.

Interior Pada bagian dalam, Volante memiliki DNA serupa DB9 dengan penggunaan logam pada bagian atas. Volante memiliki ruang kepala tak terbatas saat penutupnya diturunkan. Selain atap lebih ringan ketimbang DB9, ruang penyimpanan Volante juga lebih luas 20 persen. Memang belum seluas pada mobil tipe coupe, tetapi sebuah improvisasi besar bagi tipe convertible. Kabin DB11 Volante juga membawa tampilan klasik GT coupe, seperti alat pengukur tunggal, kluster instrumen semi-digital, dan roda kemudi bulat yang memberikan kesan INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

55


Kombinasi unik dari gaya nan elegan, kemampuan sport yang sudah menjadi DNA Aston Martin, serta keterlibatan sensorik yang mengangkatnya menuju kelas yang lebih atas ketimbang yang lainnya dalam segmen mobil terbuka.

tampilan persegi. Terdapat juga dua tepian kecil pada posisi jarum jam 2 dan 10 untuk memberikan dukungan ekstra bagi ibu jari saat mencengkeam roda kemudi. Pada bagian tengah, terdapat layar 8 inci dan tata letak tombol sederhana untuk mengontrol sistem infotainment dan HVAC (heating, ventilation, dan air-conditioning atau sering disebut pengontrol suhu). Sementara tugas pemindahan gigi ditangani tuas gigi di belakang kemudi, sehingga tidak diperlukan tuas gigi pada bagian tengah. Terdapat juga pengontrol sentuh dan tombol untuk rem parkir elektrik. Dasbornya memiliki desain yang benar-benar mulus dengan hanya terdapat beberapa garis di tengah. Sandaran tempat duduk dan sandaran tengah memperlihatkan jahitan dengan warna yang kontras. Sementara sisipan pada tempat duduk dibuat kontras dengan sisi luar demi penyesuaian dengan kontras pada dasbor dan panel pintu. Semua berhias pola jahitan lengkung nan unik.

56

LIONMAG DESEMBER 2017

Presiden Aston Martin dan Chief Executive Officer Dr Andy Palmer mengatakan, “Memang banyak pelanggan Aston Martin berasal dari berbagai generasi. Volante selalu menawarkan sesuatu yang sangat spesial. Kombinasi unik dari gaya nan elegan, kemampuan sport yang sudah menjadi DNA Aston Martin, serta keterlibatan sensorik yang mengangkatnya menuju kelas yang lebih atas ketimbang yang lainnya dalam segmen mobil terbuka.”

‘’DB11 Volante menangkap kualitas tersebut dengan sempurna dan menjanjikan kesenangan serta kenikmatan yang hanya bisa didapatkan dari sebuah Aston Martin yang terbuka,’’ kata Palmer. Yang berminat membawa DB11 Volante dalam garasi rumah, harga ritelnya mulai dari 159.900 poundsterling di Inggris, 199 ribu euro di Jerman, serta US$ 216,495 di Amerika. Pengiriman pertama DB11 Volante dijadwalkan mulai kuartal pertama 2018.


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

57


Destination Sekaten

Sekaten

Sensasi Wisata Malam di Pasar Rakyat Perayaan berbalut budaya yang dinantikan akhirnya tiba dan digelar kembali di pengujung 2017. Sebuah pesta rakyat nan meriah sejak ratusan tahun silam. TekS & Foto Reza Fitriyanto

58

LIONMAG DESEMBER 2017


R

intik hujan membasahi Kota Yogyakarta sore itu. Aroma khas tanah basah terhirup cukup segar masuk ke rongga dada. Sesaat setelahnya, langit di ufuk barat mulai merah merekah bercampur jingga pertanda senja tiba. Kumandang adzan Maghrib pun bergema, mendorongku dan orang-orang segera memenuhi panggilan tersebut.

Saat itu aku sedang berada di sebuah perayaan akbar bertajuk Pasar Malam Perayaan Sekaten di Alun-Alun Utara Yogyakarta, persis di depan Gedung Pagelaran Keraton Kasultanan Yogyakarta Hadiningrat – sebuah kompleks istana tempat singgasana Sang Raja Mataram Barat. Siapa pun tidak sulit mendatanginya karena lokasinya di tengah kota. Dengung suara sirine komidi putar dan musik dangdut remix berirama

ngebeat melebur bersama riuh suara kerumunan orang pada malam yang dingin usai hujan. Pasar malam ini tak pernah sepi, seakan kehadirannya di pengujung tahun selalu ditunggu rakyat kebanyakan. Sekaten juga menjadi sebuah klangenan. Di pasar malam ini pula, aku bisa menjemput kenangan masa kecil bersama mendiang kakek tercinta. Putaran bianglala dengan lampu warna-warni menghias pandangan INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

59


pada sisi kiri dan kanan. Aku terus melangkah untuk menikmati sensasi wisata malam di Pasar Malam Perayaan Sekaten ini. Sesekali aku berhenti untuk mengamati lapaklapak penjual manisan harumanis, kue lupis, dan jajanan tradisional lainnya. Pada suatu sudut, spontan langkahku terhenti kala mendapati seorang bapak penjual mainan perahu otok-otok. Setelah menyempatkan diri bertukar bincang santai dengan si bapak tentang kenangan masa kecilku bermain perahu otok-otok, aku membeli sebiji dagangannya. Ia pun merespon dengan senyuman yang menenteramkan hati. Mendiang kakek pernah bercerita, Pasar Malam Sekaten telah ada sejak abad ke-16, tepatnya pada era Kerajaan Demak Bintoro. Perayaan Pasar Malam Sekaten selalu digelar pada bulan Maulud, bulan ketiga dalam penanggalan

60

LIONMAG DESEMBER 2017

Jawa untuk merayakan kelahiran (maulid) Nabi Muhammad SAW. Muasal kata ‘’Sekaten’’ dari bahasa Arab syahadatain (dua kalimat syahadat – kesaksian bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah Rasul Allah). Seiring bergulirnya waktu, terjadi perubahan pelafalan pada lidah masyarakat Jawa hingga muncul istilah “Sekaten” seperti saat ini. Namun, ada pula yang berpendapat ‘’Sekaten’’ berasal dari kata Sekati, yaitu nama dari dua perangkat pusaka keraton berupa gamelan yang disebut Kanjeng Kyai Sekati. Gamelan ini ditabuh dalam rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Sedangkan versi lain menyebutkan ‘’Sekaten’’ berasal dari kombinasi kata suka dan ati (senang hati) karena masyarakat selalu menyambut perayaan ini dengan rasa syukur dan bahagia. Sebulan lamanya masyarakat di sekitaran Kota Gudeg dihibur

dengan beragam atraksi dan wahana hiburan, mulai dari tong setan dengan aksi ekstrem para pengendara motor mengelilingi dinding bulat, kora-kora dengan ayunan pemicu adrenalin, ombak banyu dengan atraksi akrobatik para kuli pemutar, binglala dengan rona warna lampu yang amat cantik kala berputar, hingga aneka jajanan unik yang jarang dijumpai sehari-hari.

Atraksi Tong Setan Desing suara knalpot memekakkan telinga mulai terdengar saat berada dekat sebuah wahana berbentuk tong superbesar. Tak ubahnya pawai kendaraan bermotor saat kampanye partai politik, tuas gas sepeda motor ditarik berulang-ulang hingga menimbulkan suara sangat gaduh. Penasaran dengan atraksi di dalamnya, kuputuskan membeli tiket seharga Rp 10 ribu, lalu melangkah menaiki tong besar itu. Pada dasarnya, tak ada yang mahal di pasar malam perayaan Sekaten ini. Sepertinya, tong


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

61


ayunan perahu yang cukup mampu membuat penikmat berteriak histeris. Tidak percaya? Silakan datang dan mencobanya sendiri.

Pasar Awul-awul

raksasa ini merupakan salah satu wahana primadona pada perayaan Sekaten. Inilah wahana yang disebut dengan “Tong Setan”. Tong raksasa yang menyuguhkan aksi akrobatik para pengendara motor mengelilingi trek berupa dinding melingkar pada bagian dalam. Tuamuda, lelaki dan perempuan, semua seakan terbius aksi akrobatik motor yang dikendarai dua lelaki. Dinding vertikal menjadi landasan giling rodarodanya. Dua lelaki menjadi aktor laga dan magnet ratusan pasang mata dalam pertunjukan malam itu. Jika aksi mereka dirasa kurang gahar dan kurang berbahaya, penonton spontan memberikan saweran sebagai

62

LIONMAG DESEMBER 2017

pancingan bagi pengendara motor agar mereka beraksi lebih ekstrem dan ‘’menantang maut’’. Tak sedikit penikmat atraksi maut ini berteriak histeris sembari menutup lubang telinga untuk mengurangi suara knalpot memecah keheningan malam. Selain wahana Tong Setan, ada pula wahana atraktif yang bernama ‘’ombak banyu’’. Wahana berbentuk ayunan bundar ini juga cukup menyita puluhan mata pengunjung berkat aksi salto akrobatik para kuli pendorong ayunan. Mungkin akan berbeda ceritanya jika para kuli akrobat itu tidak ada atau malah tidak melakukan aksi salto akrobatik. Satu lagi yang tak boleh dilewatkan adalah ‘’kora-kora’’, wahana berbentuk

Selain terkenal dengan beragam wahana permainan atraktif, Pasar Malam Sekaten juga menyodorkan satu daya tarik unik bagi sebagian besar kawula muda di Kota Pelajar. Bukan sebuah wahana permainan, tetapi pasar pakaian bekas yang dikenal dengan pasar awul-awul. Disebut awul-awul karena pembeli harus meng-awul-awul (mengaduk-aduk) tumpukan pakaian menggunung untuk mendapatkan pakaian dengan merek dan model sesuai selera mereka serta berkualitas jempolan. Di pasar ini pemburu pakaian bekas layak pakai berkumpul serta ‘’berjuang’’ mendapatkan pakaian yang diinginkan, kemudian menawarnya setengah mati. Yang akan mencobanya, jangan lupa menawar harganya semurah mungkin karena dari semua perjuangan itu nilai “seni” dari berbelanja di pasar awul-awul bisa dirasakan. Yang belum sempat menyinggahi dan menikmati sensasi sajian pesta rakyat terakbar di Bumi Mataram tahun ini, bersabarlah menunggu bulan Maulid tahun depan. Niscaya liburan Anda di Kota Yogya nan Istimewa akan lebih berkesan.


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

63


Culinary Natal

Manisnya Sukacita Natal Sukacita Natal mulai menggema memasuki bulan Desember. Pada bulan ini umat Nasrani di seluruh dunia merayakan Natal, yaitu peringatan hari kelahiran Tuhan Yesus Kristus di muka bumi ini. Kabar sukacita lahirnya Sang Juruselamat ini membawa suasana penuh bahagia membahana ke seluruh pelosok dunia. Teks & Foto Ristiyono

64

LIONMAG DESEMBER 2017


Kebahagiaan tersebut dibarengi serangkaian ibadah dan berbagai perayaan. Selain makanan dan kue, ragam warna dan bentuk permen turut memeriahkan perayaan Natal ini. Jika kita cermati, saat Desember tiba, hampir seluruh pusat perbelanjaan menawarkan pernik Natal, salah satunya permen. Baik permen berbahan dasar gula, mint, hingga cokelat. Bentuknya pun beragam, ada yang bulat, menyerupai tongkat, berbentuk seperti sinterklas, hingga bentuk bundar dengan ornamen pohon Natal di bagian tengahnya. Keberadaan permen ini seolah turut menambah manis sukacita Natal.

INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

65


Hot Stuff

TruePic VIII, lensa 25mm zoom optical hingga 4x (setara lensa 25-100 mm) F/2.0, serta mampu merekam video hingga resolusi 4K dan memotret RAW. Aksesorisnya pun banyak, yaitu lensa fisheye 130°, lensa teleconverter dengan jarak fokal 170mm, LG-1 LED Light Guide, FD-1 Flash Diffuser, dan case bawah air PT-058 untuk menyelam hingga kedalaman 45 meter. (foto:www.olympus.co.uk)

Ricoh WG-50

Teman di Bawah Air Lebih dari sekadar kamera yang bisa diajak menyelam dan menangkap gambar underwater (bawah air), konstruksi kamera waterproof (tahan air) juga tangguh dan tahan lama. Kamera jenis ini memungkinkan digunakan dalam berbagai kondisi, mulai dari yang beku, keras bebatuan, hingga di kedalaman lautan yang kaya terumbu karang. Kamera tahan air yang mampu menjelajah hingga kedalaman air puluhan meter memiliki posisi tersendiri. Hanya kamera seperti ini yang mampu menangkap maupun merekam keindahan di bawah permukaan air, di kolam renang

66

LIONMAG DESEMBER 2017

maupun laut biru nan dalam, tanpa perlu case tambahan. Bagi penyuka olahraga air maupun diving, kamera waterproof tentu sangat diperlukan untuk menemani petualangan. Berikut beberapa kamera tahan air dengan ketangguhan untuk menjelajah pesona bawah air.

Olympus Tough TG-5 Olympus Tough TG-5 bisa diajak menyelam hingga 15 meter, tahan tekanan hingga 100kg, tahan bantingan dari ketinggian 2,1 meter, antibeku hingga -10°Celcius, dan antidebu. TG-5 dibekali sensor backlit CMOS 12 megapixel, prosesor quad core

Ricoh WG-50 antibeku hingga -10°Celcius, tahan bantingan dari ketinggian 1,6 meter, tahan tekanan hingga bobot 100kg, dan mampu diajak menyelam hingga kedalaman 14 meter. Kamera saku ini dibekali sensor 16 megapixel berukuran 1/2.3 inci, bisa merekam video hingga resolusi Full HD 1080p 30 fps dan lensa sudut lebar 28 mm berkemampuan zoom optical 5x (28 mm-140 mm) dikelilingi 6 lampu LED untuk mendukung kegiatan foto makro. (foto: www.ricoh-imaging.co.uk)


Nikon Coolpix W300 Ideal untuk menyelami dunia bawah laut, Nikon Coolpix W300 dibekali sensor 16 megapixel dengan lensa 24-120 mm. Kamera ini dapat dibawa menyelam hingga kedalaman 30 meter, tahan beku hingga -10째Celcius, dan aman jika jatuh dari ketinggian 2,1 meter. Selain dilengkapi sistem GPS dan konektivitas WiFi, W300 juga dibekali monitor OLED 921k dot dan alat pengukur kedalaman bawah air serta altimeter untuk booting. (foto: www.nikonusa.com)

Panasonic Lumix DMC-TS5

Canon PowerShot D30

Fujif ilm FinePix XP120

Panasonic Lumix DMC-TS5 masih berada di jajaran kamera compact waterproof terbaik saat ini. Kamera 16 megapixel ini dapat dibawa hingga kedalaman 13 meter, tahan beku hingga -10째Celcius, dan aman jika jatuh dari ketinggian 2 meter. Lensa zoom optik 4.6x memberikan rentang fokus 28-128 mm dan distabilkan secara optik. Monitor LCD 3 inci 460K dot yang terang memudahkan mengatur komposisi gambar dibarengi sistem autofocus cepat dan metering akurat. Panasonic Lumix DMC-TS5 juga dilengkapi GPS, WiFi, dan NFC. (foto: shop.panasonic.com)

Kamera saku Canon PowerShot D30 mampu dibawa menyelam pada kedalaman hingga 25 meter.Tidak hanya untuk penyelam, kamera ini juga disiapkan bagi para penjelajah alam liar. Bodinya dirancang tahan di segala kondisi cuaca dari debu, suhu dingin -10째Celcius, dan mampu bertahan saat terjatuh dari ketinggian 2 meter. Canon juga menyematkan modul GPS. Canon PowerShot D30 dibekali sensor BSICMOS 12 megapixel, prosesor Canon DIGIC 4 yang dapat merekam video resolusi 1080p, dan 32 opsi mode Auto untuk membantu pemotretan di segala kondisi. (foto: www.usa.canon.com)

Fujifilm FinePix XP120 bisa diajak menyelam hingga kedalaman 20 meter, tahan debu, tahan bantingan dari ketinggian 1.75 meter, dan anti beku hingga suhu -10째Celcius. XP120 juga dibekali sensor BSI CMOS 16.4 megapixel dan lensa Fujinon 28 mm dengan kemampuan zoom optical 5x dan optical image stabilization. Fujifilm XP120 memiliki mode Cinemagraph yang mampu menggabungkan elemen foto dan video dalam satu gambar. XP120 juga mendukung WiFi, mode burst, merekam video Full HD di 60 fps, serta mode Time Lapse. (foto: www.fujifilm.com) INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

67


Hot Stuff

DJI Mavic Pro Alpine White

Drone Serba Putih Edisi Terbatas DJI Mavic Pro Alpine White merupakan varian DJI Mavic Pro pertama yang hadir dengan bodi serba putih, mulai dari bodi, remot kendali, dan baling-baling. Drone ini bisa terbang hingga sekitar 27 menit, menempuh jarak sejauh 7km, dan mampu melesat hingga 40mph di mode Sport serta bisa diterbangkan sambil menggunakan DJI Googles. DJI Mavic Pro Alpine White dijual dengan paket Holiday Bundle dengan harga US$1049, yang terdiri dari 1 unit DJI Mavic Pro Alpine White, 1 remot kendali, 2 baterai, 2 baling-baling cadangan, dan sleeve untuk menyimpan drone. (foto: store.dji.com)

Midnight Fog Apple Watch Series 3

Apple Watch Edisi Spesial dari Nike Nike kembali meluncurkan edisi spesial dari Apple Watch yang hadir dalam versi Midnight Fog untuk menemani sepatu olahraga terbaru NIke, Air VaporMax. Midnight Fog tampil dalam balutan warna Deep Grey. Midnight Fog Apple Watch Series 3 ini juga dibekali aplikasi Nike Run Club dengan fitur pelatih digital baru, fitur motivasi, dan sebagainya. Midnight Fog Apple Watch Series 3 yang dibuat dalam jumlah terbatas ini hanya tersedia dalam model 4G LTE + GPS, dan dibanderol US$399. (foto: news.nike.com)

68

LIONMAG DESEMBER 2017


Sony Aibo

Robot Anjing Bentuk Baru dengan Kemampuan AI Setelah lebih dari 10 tahun, Sony kembali merilis robot Aibo baru yang memiliki bentuk lebih menyerupai anjing sungguhan dan dibekali teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) sehingga bisa berinteraksi lebih dekat dan lebih baik dengan pemiliknya serta dapat bereaksi dengan obyek sekitarnya. Sepasang mata Aibo yang merupakan layar OLED yang bisa berinteraksi dan memberikan beragam ekspresi. Di belakang sepasang mata Aibo terdapat kamera yang bisa mendeteksi obyek juga bisa mengambil gambar jika disuruh. Gerakannya kini lebih natural dan variatif berkat perangkat aktuator lebih canggih. Pre-order sudah bisa dilakukan di Jepang dengan harga 198.000 yen. Untuk mengajarkan beragam trik baru harus berlangganan layanan cloud 2.500 yen per bulannya. (foto: www.sony.net) INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

69


Hot Stuff

Samsung 360 Round

Rekam dengan 17 Kamera Samsung 360 Round ditujukan untuk kalangan profesional. Bentuknya membulat diameter sekitar 205mm dan berat 1,93kg dengan sasis unibody yang tahan air dan debu. 360 Round dibekali 17 kamera yang masing-masing memiliki sensor 2 megapixel dan lensa f/1.8 untuk merekam berbagai sudut dan menghasilkan video 360 derajat. Untuk memproses video 4K 360 derajat, Samsung 360 Round dibekali RAM 10GB dengan memori internal 40GB. Tersedia slot memori eksternal SD card hingga 256GB dan SSD hingga 2TB. Kamera ini juga dilengkapi 6 micropohone internal dan 2 port microphone eksternal. Samsung 360 Round dibanderol US$10.500. (foto: news.samsung.com)

Asus ROG G703VI Chimera Laptop Gaming dengan Display Ultra-Fast 144Hz

Asus ROG G703VI Chimera dilengkapi prosesor Intel Core i7 7820HK yang telah di-overclock hingga kecepatan 4,3GHz dari pabrik sehingga kinerja lebih kencang. Kartu grafisnya Nvidia GeForce GTX 1080 yang juga telah di-overclock. Bentuk fisiknya cukup besar sehingga lebih cocok disebut sebagai desktop replacement yang mudah dipindahkan kemana-mana. Asus juga menggunakan sistem pendingin baru 2 kipas yang dilengkapi dengan teknologi Anti-Dust Cooling (ADC). Keyboard-nya memiliki tombol dengan jarak travel 3,5mm dan mendukung N-key rollover. Setiap tombolnya juga memiliki LED RGB yang bisa dikustomisasi satu-persatu melalui aplikasi AURA. Asus ROG G703VI dibanderol mulai dari US$3499. (foto: rog.asus.com)

Bang & Olufsen BeoPlay M3

Speaker Wireless Terkecil dari B&O BeoPlay M3 adalah speaker wireless perdana Bang & Olufsen (B&O) yang harganya paling terjangkau dan ukuran paling kecil dibanding speaker wireless B&O lainnya. Cecilie Manz merancang BeoPlay M3 dengan dimensi 11x15x14cm dengan bobot 1,46kg. Cover-nya bisa diganti dan tersedia dengan bahan wol kvadrat atau alumunium grill hitam. Di balik bodi mungilnya, BeoPlay M3 membawa woofer 3.75 inci dan tweeter 3/4 inci. Masing-masing woofer dan tweeter ditenagai ampli class D 40W. BeoPlay M3 mampu menyajikan suara di rentang frekuensi 65-22,000 Hz. Untuk konektivitasnya dilengkapi WiFi dan Bluetooth 4.2. BeoPlay M3 juga mendukung fitur Multiroom yang memungkinkan speaker ini terhubung ke speaker wireless B&O lainnya. B&O BeoPlay M3 dibanderol US$299. (foto: www.beoplay.com)

70

LIONMAG DESEMBER 2017


Postcard


ara

sul

esi tengg aw

01.12.2017

DO

N ES

Kendari

Jembatan Kuning Talia-Bungkutoko Jembatan Talia Bungkutoko adalah jembatan yang menghubungkan Kota Kendari dengan Pulau Bungkutoko. Jembatan ini dibangun sebagai penghubung lalu lintas menuju Pelabuhan Peti Kemas dan arus transportasi dagang. Jembatan sepanjang 100 meter ini juga menjadi spot yang sering dikunjungi warga Kendari, pelancong dalam maupun luar negeri karena merupakan salah satu ikon Kota Kendari. Di sekitar jembatan terdapat kafe-kafe kecil yang menjajakan ubi goreng, pisang goreng, tahu isi hingga minuman khas Kota Kendari yaitu Sarabba. Menikmati pisang goreng dan segelas sarabba panas di sini semakin indah saat sunset. Rahmad Ladae KENDARI

I

A

I

N


Postcard

I

A

01.12.2017

N

Air Terjun Tiu Kelep

t ra

nusa

Lombok ggara ba ten

DO

NE

SI

Pulau Lombok tidak hanya memiliki wisata pantai yang indah, namun juga perbukitan, gunung, dan air terjun. Salah satu air terjun ternama dan indah adalah Tiu Kelep. Selain indah untuk dinikmati langsung oleh pandangan mata, juga indah diabadikan oleh mata kamera dengan menggunakan kecepatan rendah.

Akhmad Solihin BOGOR

Raja Ampat

pua barat pa

Pianemo

ENRICO MATITAPUTTY AMBON

Kirimkan foto Anda beserta cerita di balik foto tersebut ke email : postcard.lionmag@gmail.com

A

01.12.2017

N

I

Kawasan konservasi dan wisata Karst Pianemo, Raja Ampat, Papua Barat, berada di ketinggian 59 meter dari permukaan laut. Tempat ini bisa dijangkau menggunakan speedboat dari Waisai, ibukota Kabupaten Raja Ampat kurang lebih 1,5-2 jam. Daya tarik utamanya adalah pemandangan indah di puncak Karst Pianemo. Untuk sampai ke puncak, pengunjung harus menapaki 341 anak tangga dengan jarak sekitar 122,4 meter.

DO

NE

SI


SSQ

You May Be an Important Part of The Flight Safety

Anda Bisa Menjadi Bagian Penting dari Keselamatan Penerbangan Tahukah Anda bahwa setiap penerbangan mungkin memiliki penumpang dengan peran penting dalam keselamatan? Misalnya, dalam setiap penerbangan kita mungkin memiliki penumpang yang duduk di jalur keluar darurat. Banyak penumpang suka memesan tempat duduk di jalur darurat ini untuk menikmati lebih banyak ruang dan ruang kaki pun juga lebih lega. Para penumpang yang duduk dalam jalur darurat akan mendapatkan briefing keselamatan khusus dan akan ditanya tentang tanggung jawab mereka terkait penggunaan pintu darurat. Anda bisa berkontribusi terhadap keselamatan penerbangan dengan secara khusus memperhatikan briefing, setelah penumpang setuju mengambil alih tanggung jawab. Jika duduk dalam jalur darurat, Anda harus memutuskan dengan cara bertanggung jawab jika merasa memenuhi syarat untuk melakukan tugas yang dijelaskan selama briefing. Jika diminta melakukannya dan Anda meragukan kemampuan pribadi Anda untuk bekerja sama dengan awak kabin, jangan ragu untuk meminta awak kabin mengganti tempat duduk Anda. Kerja sama Anda dalam hal ini akan sangat vital bagi keselamatan penumpang lain. Kerja sama terhadap peraturan penerbangan yang aman juga akan sangat penting saat menyimpan barang bawaan Anda. Pastikan berat dan ukurannya sesuai dengan tempatnya baik yang di atas atau di bawah tempat duduk di depan Anda. Dalam kasus turbulensi, koper kelebihan berat bisa jatuh dan bisa menghalangi jalur atau pintu keluar jika terjadi evakuasi. Sekali lagi, hubungi kru kami jika Anda tidak dapat menyimpan barang bawaan Anda dengan benar. Awak kabin akan menemukan tempat yang tepat di dalam kabin atau akan mengirim barang bawaan Anda ke bagasi pesawat terbang. Kepedulian dan perhatian penumpang kami adalah peran terpenting keselamatan mereka. Awak kabin kami akan berusaha menarik perhatian Anda selama beberapa menit. Perhatian Anda sangat penting untuk keselamatan Anda dan keselamatan penumpang lainnya. Bagi Anda yang sering bepergian, jangan remehkan rekomendasi ini, karena setiap pesawat yang Anda tumpangi mungkin memiliki prosedur yang berbeda. Tetap perhatikan prosedur keselamatan, Anda juga merupakan bagian penting dari keselamatan penerbangan Anda. Selamat menikmati penerbangan Anda Capt. Jose Fernandez Corporate Safety Director Lion Group

Do you know that every flight might have passengers with an important a role in safety? For instance, in every flight we might have passengers seated in the emergency exit rows. Many passengers like to book their seats on emergency rows to enjoy more space and leg room. The passengers seated in emergency rows, will have a special safety briefing and will be asked about their responsibility regarding the use of the emergency exits. You may contribute to the safety of the flight paying especial attention to the briefing, once the passenger agreed on taking the responsibility. If you are seated in an emergency row, you have to decide in a responsible way if you feel qualified to perform the tasks described during the briefing. If you have serious doubts about your personal ability to cooperate with the Crew if you are required to do so, please do not hesitate to request your crew members to change your seat. Your cooperation on this matter will be vital for the safety of other passengers. Your cooperation to the safe conduction of the flight will be also very important when stowing your carry-on luggage. Make sure the weight and the size can in fit the overhead bins or below the seat in front of you. Overweight luggage can fall down in case of turbulence and could obstruct the aisles or exits in case of evacuation. Once again, contact our crew in case you cannot stow your luggage properly. The crew will to find a proper place in the cabin or will send your luggage to the aircraft cargo holds. Concern and attention from our passengers is their most important safety role. Our crew will try to attract your attention for some minutes. Your attention is crucial for your safety and the safety of rest of passengers. For those of you who may have traveled often, do not underestimate this recommendation, because every plane you ride may have a different procedures. Keep care and watch out the safety procedures, you are also an important part of the Safety of your flight. Have a safe and pleasant flight


LION GROUP FLEET

1 UNITS Boeing 747 - 400 506 seats ECONOMY

3 UNITs AIRBUS A330-300 440 SEATS ECONOMY

70 UNITS Boeing 737 - 900 ER 215 SEATS ECONOMY

35 UNITS BOEING 737 - 800 NG 189 SEATS ECONOMY Rata-Rata usia pesawat : 3 Tahun 6 Bulan

4 UNITS Boeing 737 MAX 8 180 seats economy

6 UNITS Boeing 737 - 900 ER TOTAL 180 SEATS : 168 seats economy - 12 seats business

8 UNITS Boeing 737 - 800 NG

TOTAL 162 SEATS : 150 seats economy - 12 seats business

37 UNITS AIRBUS A 320-200 CEO TOTAL 156 SEATS : 144 seats economy - 12 seats business Rata-Rata usia pesawat : 7 Bulan

6 UNITS Boeing 737 - 900 ER TOTAL 180 SEATS : 168 seats economy - 12 seats business

23 UNITS Boeing 737 - 800 NG

TOTAL 162 : 150 seats economy - 12 seats business

3 UNITS Boeing 737 MAX 8 180 seats economy

16 UNITS ATR 72-600 Rata-Rata usia pesawat : 1 Tahun

17 UNITS Boeing 737 - 900 ER 215 SEATS ECONOMY

10 UNITS Boeing 737 - 800 NG TOTAL 162 150 seats economy - 12 seats business Rata-Rata usia pesawat : 7 Bulan

1 UNITs AIRBUS A330-300 440 SEATS ECONOMY

20 UNITS ATR 72-500 72 seats economy.

34 UNITS ATR 72-600 72 seats economy. Rata-Rata usia pesawat : 2 Tahun 6 Bulan

2 UNITS HAWKER 900XP Rata-Rata usia pesawat : 2 Tahun 5 Bulan


WELCOME ABOARD

Selamat Datang

Apa yang harus Anda ketahui tentang keamanan, kenyamanan dan keselamatan Anda di dalam pesawat. What you need to know about the security, comfort and safety in the aircraft.

PERALATAN ELEKTRONIK Electronic devices Untuk penggunaan laptop dan PDA boleh dipergunakan setelah fasten seatbely “OFF” dengan menggunakan flight mode. Setelah fasten seatbelt “ON” untuk persiapan mendarat makan penumpang harus mematikan penggunaan laptop dan PDA tersebut. For the use of laptops and PDAs may be used after the fasten seat belt off and using flight mode. After the fasten seat belt on in preparation for landing, the passengers have to turn off the laptop and PDA users. BARANG-BARANG BERBAHAYA LAINNYA Dangerous goods Barang-barang yang mudah terbakar (seperti korek api), meledak (petasan), material yang mengandung magnet, baterai, tabung gas, tidak diperbolehkan untuk dibawa. The goods are flammable (such as matches), explode (firecrackers), containing material magnets, battery, gas cylinders, are not allowed to be brought. MEROKOK Smoke Peraturan Pemerintah melarang kegiatan merokok selama dalam penerbangan. Terdapat detektor asap di semua toilet dan akan dikenai sanksi bagi yang melanggar aturan. Government regulations prohibit smoking during in-flight activities, there are smoke detectors in all toilets and will be subject to penalties for those who break the rules. BAJU PELAMPUNG Live vest Jaket/Baju Pelampung merupakan salah satu peralatan keselamatan di pesawat untuk kondisi darurat di atas air, jangan keluarkan jaket/baju pelampung dari tempat dalam kondisi normal dan tidak untuk dibawa pulang. Penumpang akan mendapatkan hukuman bagi yang mencuri jaket/ baju pelampung berdasarkan Peraturan Pemerintah Pasal 54 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009.

Live vest is one of safety equipment in the aircraft for emergency condition on water, please do not remove live vest from the place in normal condition and do not to take home. Passengers will get punishment who stole the live vest based on Government regulations. Article 54 of Law No. 1 of 2009 (Pasal 54 undangundangnomer 1tahun 2009). MINUMAN BERALKOHOL Alcohol beverage Lion Air tidak menyediakan minuman beralkohol di seluruh penerbangannya, dan seluruh penumpang Lion Air dilarang mengonsumsi minuman beralkohol selama penerbangan berlangsung. Lion air does not provide alcohol in lion air flight service, passengers are prohibited from consuming alcohol during the flight. WANITA HAMIL PREGNANCY WOMEN Usia kehamilan di atas 28 minggu diwajibkan menyertakan surat keterangan medis yang menyatakan penumpang sehat secara medis untuk ikut dalam penerbangan. Dan mengisi formulir pertanggungan risiko Form of Indemnity (FOI). A pregnancy age over 28 weeks is required to include a medical certificate stating that passengers are medically fit to participate in the flight. And fill out the form of risk called Form of Indemnity (FOI). PERJALANAN DENGAN ANAK-ANAK Travelling with kids Lion Air tidak menyediakan makanan bayi untuk rute domestik dan popok tidak disediakan di pesawat. Lion Air hanya menyediakan air panas untuk susu bayi. Lion air does not provide baby food for domestic service, diapers are also not provided on the plane. Lion air only provide hot water for baby milk. UTAMAKAN KESELAMATAN Safety Priority • Sabuk pengaman harus selalu terpasang sewaktu take-off dan landing. Dianjurkan untuk selalu memasang seat belt selama penerbangan. Seat belts should always be installed during take-off and landing. It is recommended to always put the seat belt during flight. • Barang bawaan harus diletakkan di atas kepala atau di bawah kursi di depan Anda. Luggage must be placed on top of the head or under the seat in front of you.

• Silahkan membaca kartu instruksi keselamatan yang terdapat di dalam kantong kursi. Di kartu tersebut Anda bisa mengetahui pintu darurat dan letak jaket pelampung. Please read the safety instruction card that is present in the seat pocket. In the card you can determine the location of the emergency exit and a life jacket. • Perhatikan baik-baik demo keselamatan dan instruksi yang diberikan oleh cabin crew. Look carefully the safety demonstration and instructions which given by the cabin crew BAGASI Baggage Barang atau benda tajam harus dipak dalam bagasi dan tidak diperkenankan untuk dibawa ke dalam bagasi kabin. Bawalah benda berharga dalam tas yang Anda bawa sendiri. Goods or sharp objects should be placed in the trunk and not allowed to be brought into the cabin baggage. Bring precious objects in the bag you carry yourself. Perhatikan berat bagasi Anda. Note the weight of your luggage - Carry on baggage (Bagasi Kabin) tidak lebih dari 7 kg Carry-on baggage (bagasi kabin) not more than 7KG - Bagasi untuk Rute Domestik & Internasional Baggage for domestic & international route: Kelas Ekonomi / Economy class: 20 kg

40 cm

PONSEL Mobile phone Semua ponsel dan peralatan elektronik yang menggunakan pemancaran radio tidak diperbolehkan selama berada di dalam pesawat, hal ini sangat mengganggu sistem navigasi dan komunikasi dengan menara pengawas setempat. All mobile phones and electronic devices that use radio transmission is not allowed during the flight, it can be disturbing system navigation and communication with local control tower

30 cm

20 cm


LION AIR GROUP ROUTE MAP

82

LIONMAG DESEMBER 2017


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

83


KIDZONE

84

LIONMAG DESEMBER 2017


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

85


86

LIONMAG DESEMBER 2017


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

87


88

LIONMAG DESEMBER 2017


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

89


90

LIONMAG DESEMBER 2017


INFLIGHT MAGAZINE OF LION AIR

91


92

LIONMAG DESEMBER 2017

LIONMAG DESEMBER 2017  
LIONMAG DESEMBER 2017  

lionmag, lion air, travel, leisure, pantai eksotis, jodipan, bogor, yogyakarta, jakarta, aston martin db11 volante, sekaten, nglinggo,

Advertisement